Kamis, 31 Agustus 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Sagna Ogah-Ogahan Tanggapi Tawaran MU

Posted: 31 Aug 2017 10:10 PM PDT

Manchester United (MU) tertarik mendatangkan mantan bek Arsenal dan Manchester City, Bacary Sagna. Namun sang pemain justru ogah-ogahan menanggapi tawaran tersebut.

Sagna saat ini tidak memiliki klub setelah dilepas Manchester City pada bursa transfer musim panas ini. Total, pemain berusia 34 tahun ini bermain tiga musim bersama The Sky Blues dan memenangkan satu Piala Liga.

Selain Sagna, Manchester City juga melepas pemain seperti Pablo Zabaleta, Jesus Navas, dan Gael Clichy. Usia mereka yang tak muda lagi membuat Manchester City membuat keputusan itu.

Seperti dilansir Tribal Football, status sebagai pemain Arsenal dan Manchester City, tak membuat MU mundur dari perburuan Sagna. Sebaliknya, tim asuhan Jose Mourinho itu disebut justru sangat meminati Sagna.

Sayangnya, Sagna rumornya tidak terlalu berminat untuk berkostum Setan Merah. Pasalnya, Arsenal disebut juga berminat mendatangkannya kembali ke Emirates Stadium.



Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu saat ini tengah dalam kondisi bugar. Tak heran, karena itulah banyak klub yang meminatinya.

MU sendiri sudah mendatangkan tiga pemain pada bursa transfer ini. Tiga pemain itu adalah Victor Lindelof, Nemanja Matic, dan Romelu Lukaku.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Perbedaan Ibadah Kurban di Australia dan Indonesia

Posted: 31 Aug 2017 10:02 PM PDT

Sama seperti halnya jutaan umat Muslim di dunia, umat Islam di Australia tak ketinggalan untuk merayakan Idul Adha dengan berkurban. Tetapi tak seperti di negara mayoritas Muslim lain, berkurban di Australia bisa terasa berbeda.

Berikut sejumlah perbedaan dari berkurban di Australia yang dikutip dari ABC Australia Plus, Jumat (31/8/2017).

Hewan Tak Disembelih di Australia

Kebanyakan umat Muslim membeli hewan kurban dengan mentransferkan uangnya ke sejumlah organisasi Islam di Australi, tanpa melihat hewan yang akan dikurbankannya.

Baha Yehia, Community Engagement Coordinator dari organisasi Islamic Relief Australia mengatakan hewan-hewan yang sudah dibeli lewat organisasi Islam tidak disembelih di Australia.

Kebanyakan disembelih di negara-negara di luar Australia, sesuai dengan pilihan masing-masing.

Umat Muslim di Australia bisa membayar sekitar 100 dolar Australia atau sekitar Rp 1 juta hingga 350 dolar Australia berkisar Rp 3,5 juta, untuk satu hewan hewan kurban atau satu bagian hewan kurban untuk sapi atau unta.

Mereka juga bisa membeli hewan kurban dalam bentuk kaleng.

"Beberapa daging disediakan dalam bentuk kalengan, karena sulit untuk menjangkau daerah tujuan," ujar Baha.

"Misalnya, jika kita ingin berkurban di Suriah, dengan perang dan banyak hal yang terjadi di sana, tidaklah aman bagi pekerja kami untuk melakukannya di Suriah."

Dibagikan ke Luar Australia

Banyak organisasi Islam di Australia membagikan daging kepada mereka yang membutuhkan di luar negeri.

"Mengidentifikasi warga di Australia yang berhak mendapatkan kurban adalah hal yang sulit, karena di Australia, kita memiliki sistem bantuan kesejahteraan," jelas Baha.

Berdasarkan pengalamannya bekerja di organisasi bantuan Islam, jika seandainya ada yang teridentifikasi pun belum tentu mau menerima kurban atau bantuan keuangan.

"Banyak orang merasa malu, misalnya, untuk maju dan bilang atau ingin menjadi bagian dari program kurban."

"Bahkan, misalnya, jika ada pencari suaka asal Myanmar atau Suriah, kita coba menjangkau mereka... dan kita diberi tahu jika mereka baik-baik saja, sudah dibantu, dan tidak membutuhkan apapun".

Membantu Orang Lokal

Islamic Relief Australia telah menyalurkan program selama 30 tahun.

Baha mengatakan organisasinya telah bekerja dengan berbagai pihak di luar negeri yang terlibat dalam berkurban, mulai dari peternak, agen, pusat penyembelihan, sampai penyalur.

Ia juga mengatakan setelah daging disalurkan, tidak ada bagian dari tubuh hewan kurban yang dibuang begitu saja.

Misalnya saja kulit yang kemudian diolah menjadi bahan baku produk sepatu atau tas, atau bagian tubuh lainnya yang dijadikan pupuk.

"Semua bagian dari hewan ternak digunakan dan dimanfaatkan oleh banyak pihak dalam komunitas. Semuanya dipakai untuk mendukung perekonomian warga."

Mengikuti Aturan Ketat

Baha mengatakan Islam memiliki aturan ketat soal bagaimana hewan diperlakukan, dikenal dengan istilah halal, bukan hanya cara memotongnya.

"Misalnya, hewan yang hendak disembelih tidak di depan atau dilihat hewan-hewan lainnya. Kedua, pisau yang digunakan untuk menyembelih haruslah sangat tajam," jelas Baha.

"Dilakukan dengan cara yang cepat, tanpa memutilasi tubuh, atau menyebabkan rasa sakit lain bagi hewan."

Ia juga mengatakan hewan yang akan dikurbankan tidak boleh memiliki cacat, seperti buta, pincang, atau sakit.

"Bagi mereka yang menganggap berkurban adalah sebagai bagian dari kekejaman, penyembelihan sejatinya terjadi setahun penuh."

"Hewan-hewan ternak disembelih untuk memenuhi permintaan. Karenanya, tidaklah adil jika satu perayaan ini saja yang dianggap sebagai bentuk kekejaman terhadap binatang."

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pajak Sedan Bakal Turun, Begini Reaksi Bos Toyota

Posted: 31 Aug 2017 10:02 PM PDT

Pemerintah masih menggodok regulasi pajak kendaraan jenis sedan. Para anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mendesak agar pajak sedan turun. Jika pajak sedan turun, bukan tak mungkin hal itu akan meningkatkan kebutuhan pasar international khususnya ekspor.

Di Indonesia, jika pajak sedan turun maka bukan tak mungkin harga sedan bisa sama dan selaris seperti MPV (Multi Purpose Vehicle) atau SUV (Sport Utility Vehicle).

Menanggapi hal tersebut, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menyatakan, khusus Toyota Indonesia, turunnya pajak sedan maka hal itu akan mendukung kegiatan pasar otomotif semakin terbuka.

"Karena membentuk market secara economic skill, maka akan membentuk industri. Kalau market-nya besar maka industrinya datang ke sini. Kami senang sekali kalau ada kegiatan menciptakan pasar seperti ini. Tapi harus diikuti dengan kegiatan industri supaya Indonesia ikut serta berpartisipasi di market," jelas Warih saat ditemui di di Auditorium Hall TIA (Toyota Indonesia Akademi) Karawang 3, Jawa Barat, Rabu (30/8).

Warih menyatakan, pasar sedan saat ini merupakan paling laris secara global. Oleh karena itu, Indonesia yang juga merupakan basis produksi Toyota untuk global diharapkan tidak hanya menjadi penonton. Tapi mampu memanfaatkan jaringan yang sudah ada.

"Kalau industri bagus, daya saing bagus. Maka kami bisa ikut serta," tuturnya.

Menyoal selera konsumen secara global, Warih mengaku hal tersebut tentu akan diuji oleh konsumen dan pasarlah yang menentukan.

Simak juga video menarik di bawah ini:

Sedan adalah satu segmen kendaraan yang kurang berkembang di Indonesia. Lembaga riset dan konsultan Frost & Sullivan merilis data bahwa tahun lalu penjualannya hanya 13.700 unit, atau turun 21,4 persen ketimbang tahun sebelumnya.

Satu penyebab kenapa sedan tidak berkembang adalah bahwa mobil ini dibebani pajak yang tinggi. Dengan berlandaskan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013, Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk sedan di bawah 1,5 liter adalah 30 persen, sementara di atas itu 40-75 persen. Sementara segmen-segmen lain hanya 10 persen saja.

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin), mengatakan bahwa pembebanan pajak yang lebih tinggi disebabkan anggapan mobil ini dianggap hanya dapat dibeli kalangan orang kaya saja.

Putu mengatakan, pola pikir ini tumbuh sejak zaman Orde Baru dan terus langgeng sampai sekarang.

"Zaman Pak Harto orang beli sedan sudah dianggap orang kaya. Karena kaya, akhirnya dikasih pajak tinggi," ujar Putu dalam acara "Seabad Industri Otomotif Indonesia" yang digelar Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) di Jakarta, Selasa (28/8/2017) kemarin.

Pada masa Orde Baru, sedan memang banyak dipakai oleh pejabat. Bahkan, mobil dinas presiden kala itu tidak bisa jauh-jauh dari sedan, terutama keluaran Mercedes-Benz.

Selera mobil "Eropaan" Orde Baru terbentuk pada 1970-an. Sebab sebelum itu, selalu mobil asal Amerika Serikat (AS), seperti Chevrolet, yang dipakai.

Mercedes-Benz W116 Barong 1975, Mercedes-Benz W126 Eagle 500SEL 1987, Mercedes-Benz W140 S600 1994, adalah beberapa sedan yang pernah dipakai sebagai mobil kenegaraan sepanjang masa pemerintahan Soeharto. Tentu semua mobil ini punya keunggulan di atas rata-rata pada zamannya.

Mobil dinas para menteri kala itu juga sedan, sehingga mengesankan eksklusivitas. Beberapa model yang pernah dipakai para pembantu Suharto ini adalah Volvo 264 GL, Volvo 740 GL, Volvo 960, dan Volvo S90. Yang disebutkan terakhir adalah mobil dinas para menteri di masa-masa terakhir Orde Baru.

Mobil yang "merakyat" tidak identik dengan sedan. Salah satu mobil paling populer di masa itu adalah Toyota Kijang. Dan sebagaimana kita tahu, Kijang berada di segmen kendaraan penumpang, lalu kemudian bertransformasi jadi kendaraan serbaguna (MPV).

Putu menilai bahwa saat ini pola pikir itu harusnya diubah. Sebab sekarang ada MPV, SUV, atau segmen lain, yang jelas lebih mewah ketimbang sedan. Sementara sedan pun tidak selamanya mewah.

"Apalagi sedan itu segmen yang populer di luar negeri, bukan MPV seperti yang banyak sekarang. Jadi kalau memang mau menggalakkan ekspor, harus perhatikan itu," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mundur dari Dunia Hiburan, Risty Tagor Naik Haji

Posted: 31 Aug 2017 10:01 PM PDT

Sudah cukup lama Risty Tagor tak tampil di layar kaca. Ibu dua anak itu rupanya telah memutuskan untuk pensiun dari profesinya sebagai artis dan memilih untuk mendalami agama serta menjalani berbagai aktivitas lain yang lebih bermanfaat.

 Artis Risty Tagor. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Jelang Lebaran Haji yang jatuh pada Jumat (1/9/2017), Risty Tagor diketahui sedang menjalankan ibadah haji. Mantan istri Stuart Collin itu pun menyampaikan permohonan maaf dan berharap nantinya menjadi haji yang mabrur.

"Saudara dan Sahabatku semua Saat ini saya dalam perjalanan menuju Mina memulai prosesi ibadah haji. Mohon doa agar saya dan jamaah haji yang lain diberikan kesehatan lahir batin, kelancaran diperjalanan dan mendapat haji yg mabrur atas izin Allah SWT," ujar Risty Tagor di Instagram pribadinya.

Artis berusia 28 tahun itu merasakan banyak keberkahan selama menjalani serangkaian proses ibadah haji. Salah satunya saat melakukan wukuf di Arafah.

 Risty Tagor menunaikan ibadah haji.

Suhu udara di sana sempat mencapai 52 derajat. Namun ketika tengah menjalani wukuf, Risty Tagor justru merasa sejuk hingga dapat khusyuk beribadah.

"1 jam lalu masih 52derajat disini.. dan saat wukuf ini udara sangat nikmat dan sejuk.. membuat seluruh jamaah haji dapat beribadah dengan sangat khusuk.. Fabi'ayyi ālā'i rabbikumā tukażżibān," ungkapnya.

 Risty Tagor (Ferry Noviandi/Liputan6.com)

Tentunya banyak doa yang disampaikan Risty Tagor selama berada di Tanah Suci. Termasuk doa-doa yang dititipkan para sahabatnya di Tanah Air.

"#Alhamdulillah doa-doa yg dititipkan saudara dan sahabatku semua sudah kupanjatkan sesuai yang di amanahkan," papar Risty.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Modal Rp 130 Ribu, Pria Ini Menang Lotre Rp 66 Miliar

Posted: 31 Aug 2017 10:00 PM PDT

Suatu hari, John Lewis (56) berniat membuat pasta dan bergegas pergi ke toko terdekat untuk membeli bahan-bahan pasta, seperti jamur dan saus tomat. Namun, dia mengurungkan niat dan malah membeli tiket lotre senilai US$ 10 dolar atau sekitar Rp 130 ribu.

John membeli lotre itu di mesin yang berada di Tops Friendly Market, Saranac Lake, New York. Tidak disangka, nasib baik sedang berpihak pada pria itu. John memenangi hadiah US$ 5 juta atau lebih dari Rp 66 miliar.

"Aku tidak pernah menggunakan uang untuk hal seperti ini. Apa yang membuatku berada di toko itu, pada saat itu, dengan cukup uang di tanganku untuk mesin lotre itu, aku tidak akan pernah tahu," ujar John pada sebuah konferensi pers.

"Aku hanya bersyukur bahwa itu adalah aku [yang menang]," ucap pria asal New York itu.

Di dalam toko, setelah melihat nomor di tiket lotrenya, John tidak percaya bahwa dia menang.

"Saya terus saja menatapnya. Itu seperti tidak nyata," kata John.

Kemudian, pria tersebut menelepon ke rumah untuk memberitahu pacarnya, Mary, dan menelepon atasannya di Lake Placid untuk mengatakan bahwa dia berhenti dari pekerjaannya sebagai bartender di sana.

"Kami adalah orang rendahan," ujarnya sambil berdiri di samping pacarnya.

John memilih untuk menerima pembayaran sebesar US$ 172.068 atau sekitar Rp 2 miliar tiap tahunnya. Dia juga berencana membantu anggota keluarganya dengan tagihan medis dan membeli truk serta sebidang tanah. Dia tidak mengira bahwa rezeki ini akan mengubah kehidupannya.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berubah Pikiran, Gelandang Everton Tolak Chelsea

Posted: 31 Aug 2017 10:00 PM PDT

Chelsea kembali menemui kegagalan dalam berburu pemain di bursa transfer musim panas 2017. Setelah Romelu Lukaku, Alex Oxlade Chamberlain dan Fernando Llorente, The Blues juga gagal mendapatkan gelandang Everton Ross Barkley. 

The Blues sebenarnya sudah hampir mendapatkan Barkley. Klub milik Roman Abramovich itu sudah mencapai kesepakatan dengan Everton dan pemain 23 tahun tersebut.

Barkley bahkan sudah terbang ke London untuk menjalani tes medis pada 31 Agustus 2017. Namun kepindahan Barkley ke Chelsea akhirnya batal terwujud.

Di saat-saat akhir Barkley berubah pikiran. Dia memilih bertahan di Goodison Park ketimbang pindah ke Stamford Bridge.

"Kedua klub sudah menyepakati nilai transfer 35 juta pound dan kesepakatan personal sudah disetujui juga dan setelah tes medis, kami mendengar dari agen Barkley bila dia berubah pikiran," ungkap pemilik saham mayoritas Everton Farhad Moshiri kepada Sky Sports.

"Dia mengatakan ingin mempertimbangkan kembali dan bertahan bersama kami. Ini kejutan besar tapi itulah sepakbola," tegas Moshiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek Harga BBM Pertamina, Shell dan Total, Mana Lebih Murah?

Posted: 31 Aug 2017 10:00 PM PDT

PT Pertamina (Persero) tak mengubah harga jual bahan bakar minyak (BBM)-nya. Harga BBM yang dijual Pertamina masih sama dengan pertengahan Agustus 2017 lalu.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jumat (1/9/2017), harga BBM di Stasiun Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina 34.102.06 di Kawasan Senayan untuk Pertama Turbo 98 seharga Rp 9.250 per liter. Lalu, Pertamax 92 dijual dengan harga Rp 8.250 per liter dan Pertamina Dex Rp 8.500 per liter.

Sementara, Pertamina menjual bahan bakar Pertalite dengan harga Rp 7.500 per liter. Perusahaan asal Prancis Total juga mempertahankan harga jual BBM-nya. SPBU di Jalan Tendean menjual BBM jenis Performance 92 seharga Rp 8.250 per liter. Lalu, Performance 95 dijual Rp 9.150 per liter dan Performance Diesel Rp 9.200 per liter.

Tak jauh dari lokasi SPBU Total, terdapat SPBU Shell. Jika dibandingkan dengan pertengahan bulan lalu harga BBM Shell mengalami perubahan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Shell menjual BBM jenis Super dengan harga Rp 8.550 per liter. Harga ini lebih tinggi dibanding sebelumnya Rp 8.400 per liter. Sementara BBM lain masih sama yakni V-Power Rp 9.450 dan Diesel Rp 9.300 per liter.

Berikut pantauan harga BBM Liputan6.com:

Pertamina

Pertamax Turbo 98 Rp 9.250 per liter
Pertamax 92 Rp 8.250 per liter
Pertalite Rp 7.500 per liter
Pertamina Dex Rp 8.500 per liter

Total

Performance 92 Rp 8.250 per liter
Performance 95 Rp 9.150 per liter
Performance Diesel Rp 9.200 per liter

Shell

Super Rp 8.550 per liter
V-Power Rp 9.450 per liter
Diesel Rp 9.300 per liter.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Aplikasi Kontroversial di Smartphone

Posted: 31 Aug 2017 10:00 PM PDT

Saat ini, keberadaan aplikasi tak dimungkiri telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pengguna smartphone. Bagaimana tidak, aplikasi memang menjadi inti penggunaan smartphone karena menawarkan beragam kegunaan.

Namun terlepas dari fungsi yang bermacam-macam sebenarnya tak sedikit pula aplikasi menawarkan fungsi kontroversial. Selain karena layanan yang ditawarkan, kontroversi itu muncul karena fitur anyar yang diluncurkan dianggap menyakiti kelompok tertentu.

Mengingat munculnya kontroversi tersebut, tak sedikit pula aplikasi yang harus ditutup dan ditarik dari toko aplikasi. Lantas, apa saja aplikasi smartphone yang dianggap kontroversial?

Berikut ini ada lima aplikasi kontroversial yang sudah dihimpun Tekno Liputan6.com dari beberapa sumber, Jumat (1/9/2017)

1. FaceApp

Aplikasi edit foto ini tengah naik daun karena kemampuannya mengubah foto seseorang. Namun fitur anyar yang baru dirilis FaceApp beberapa waktu lalu ternyata menuai protes.

Alasannya, aplikasi ini menghadirkan fitur bernama "Ethnicity Change Filters". Fitur ini menyediakan sejumlah pilihan filter warna kulit, seperti Black, Asian, Indian, hingga Caucasian.

Mengingat banyaknya protes, filter ini akhirnya resmi ditarik oleh FaceApp pertengahan bulan ini. Sebelumnya, fitur lain yang juga menuai protes adalah Spark karena memungkinkan mengubah wajah seseorang termasuk warna kulitnya.

2. I-Doser

Aplikasi ini sempat menarik perhatian publik pada 2015 karena disebut-sebut merupakan narkoba digital. I-Doser mengeluarkan layanan gelombang suara yang dapat menstimulasi otak dan membuat pendengarnya ketagihan seperti memakai narkoba.

Namun kabar itu langsung dibantah oleh Badan Narkotika Nasional. Setelah dilakukan penyelidikan mendalam terhadap aplikasi tersebut, BNN menemukan tak ada hal berbahaya dari I-Doser.

Kendati dapat dipastikan tak berbahaya, BNN tetap meminta pengguna berhati-hati terhadap aplikasi. Sebab, suara yang dikeluarkan oleh aplikasi ini dapat menstimulus otak dan mengubah keadaan psikis termasuk mental penggunanya.

3. Snapchat

Mirip dengan FaceApp, Snapchat juga sempat menarik perhatian karena mengeluarkan filter yang dapat mengubah wajah pengguna seperti karakter anime. Namun filter yang ditampilkan dianggap menyinggung stereotip fisik yang biasanya ada di orang-orang Asia.

Snapchat segera bergerak cepat dan menarik filter tersebut dari peredaran. Sebelumnya, layanan ini juga sempat menuai protes karena menghadirkan filter khusus Bob Marley yang dianggap terlalu menekankan hubungan penyanyi tersebut dengan ganja ketimbang warisan musiknya.

Layanan ini juga sempat diboikot oleh pengguna di wilayah India. Alasannya, sempat ada bocoran dari karyawan Snap yang mengungkap CEO Snap Inc Evan Spiegel menyebut layanan ini hanya ditujukan untuk orang kaya dan tak ingin mengembangkannya untuk negara miskin, seperti India dan Spanyol.

4. Ashley Madison

Aplikasi ini kontroversial karena pengembang sengaja menghadirkannya sebagai sarana kencan khusus bagi mereka yang ingin selingkuh dari pasangan masing-masing. Ashley Madison pun dilaporkan berhasil menjaring banyak pengguna.

Akan tetapi, layanan ini ternyata bukannya tanpa masalah. Pada 2015, Ashley Madison menjadi serangan siber oleh kelompok yang mengaku bernama The Impact Man. Setelah aksi tersebut, data-data pribadi pengguna layanan ini segera beredar di internet.

Menurut para peretas, aksi pembobolan ini dilakukan karena perusahaan induk Ashley Madison, Avid Life Media, telah melakukan perdagangan manusia atau prostitusi terselubung bagi para orang kaya untuk mendapatkan seks.

5. AyoPoligami

Dari Tanah Air, baru-baru ini muncul pula aplikasi yang menuai perhatian publik, yakni AyoPoligami. Sesuai namanya, aplikasi ini merupakan sarana pencarian jodoh bagi pengguna yang tertarik yang melakukan poligami.

"AyoPoligami.com adalah platform yang berusaha mempertemukan pengguna prianya dengan wanita yang bersedia membuat 'keluarga besar' dari satu suami. Para lajang maupun yang sudah menikah, janda atau duda, diterima dengan tangan terbuka di sini," tulis pengembang dalam kolom deskripsi.

Adapun, slogan dari aplikasi AyoPoligami.com ini mirip dengan aplikasi kencan lainnya. AyoPoligami.com mengusung slogan 3C, yakni Cari Chat, Cocok, dan Silaturahmi.

(Dam/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tanda Penglihatan Ini Menandakan Kesehatan Tubuh

Posted: 31 Aug 2017 10:00 PM PDT

Penglihatan adalah satu dari lima indera utama manusia. Mata dianggap sebagai salah satu organ yang paling penting untuk menunjang aktivitas harian. Penggunaan perangkat seperti komputer, telepon seluler, dan televisi secara berlebihan dapat menimbulkan stres pada mata. Seiring berjalannya waktu, akan menyebabkan masalah penglihatan.

Tidak hanya berfungsi sebagai indera penglihatan, mata juga bisa mengidentifikasi masalah pada organ lain. Seperti yang dilansir dari laman Step To Health, Kamis, (31/8/2017)

Penglihatan tidak teratur

Mungkin saja tanda ini disebabkan oleh akumulasi stres. Bisa juga karena paparan cahaya perangkat yang terlalu terang, seperti ponsel atau komputer. Namun, penyimpangan dalam penglihatan Anda juga menunjukkan jenis masalah lain yang jauh lebih buruk.

Biasanya penglihatanmu normal, tapi, suatu ketika pandangan ke depan menjadi kabur dan kehilangan penglihatan sementara. Ini adalah indikasi peradangan di mata. Anda dapat kehilangan penglihatan selama beberapa menit. Masalah ini menunjukkan masalah serebrovaskular.

Mata berwarna kuning

Irisan berwarna kuning tidak terlalu umum. Iris adalah bagian mata yang berwarna. Biasanya mereka berwarna coklat. Namun, ketika berbicara tentang tanda-tanda masalah, perhatikan apakah seluruh mata Anda berwarna kuning, termasuk bagian putih mata yang seharusnya sebagian besar putih.

Warna ini menunjukkan adanya penyakit yang berhubungan dengan hati. Ini bisa berarti bahwa hal itu memengaruhi hati, kandung empedu atau saluran empedu. Sebagian besar kasus dapat disebabkan oleh kelebihan bilirubin yang diproduksi oleh hati.  

Penglihatan kabur

Sekelompok besar orang cenderung melihat semacam awan di atas penglihatan mereka yang membuat mereka tidak dapat melihat secara normal. Menurut dokter mata, masalah ini memiliki gejala yang umum. Orang yang terkena dampak merasa seperti semacam senapan telah diletakkan di mata mereka.

Hal ini menandakan masalah katarak. Masalah ini muncul teratur pada lanjut usia. Namun, ada juga yang mederita masalah ini di usia muda.

Tampilan keriput dan hilangnya nutrisi di kulit sangat umum terjadi pada pasien lanjut usia. Terutama untuk daerah sekitar wajah. Ini karena bertambahnya usia dan kelebihan kotoran dalam tubuh. Umumnya, hilangnya nutrisi menyebabkan kelopak mata kendur. Namun, ini juga muncul saat ada masalah mata.

Penyakit yang disebut ptosis menyebabkan jatuhnya kelopak mata secara tidak teratur. Masalah ini tidak memandang usia, siapapun bisa mengalaminya. Faktor lain yang berpengaruh untuk masalah ini. Misalnya, penyimpangan pada sistem kekebalan tubuh atau tumor otak.

Muncul bintang dalam penglihatan

Masalah ini dapat muncul saat melakukan gerakan cepat, seperti bangkit dari kursi atau tempat tidur dengan cepat. Selain itu, munculnya bintang pada pandangan dan perubahan mendadak dalam sirkulasi menyebabkan Anda merasa pusing dan bingung.

Munculnya bintang pada penglihatan juga dapat terjadi ketika memiliki masalah visual, termasuk masalah seperti glaukoma. Gejala penyakit ini muncul secara tiba-tiba dan tidak dapat diprediksi. Ini menunjukkan pemisahan retina dari sisa mata.

Jika Anda menemukan masalah seperti di atas pada mata, segera temui dokter mata agar mendapatkan penanganan dengan cepat dan mencegah masalah yang tidak diinginkan muncul.

(Michelle Tania)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyaksikan Uniknya Upacara Bakar Batu di Tanah Papua

Posted: 31 Aug 2017 10:00 PM PDT

Upacara bakar batu merupakan salah satu tradisi yang dilakukan orang Papua sebagai ungkapan rasa syukur. Upacara bakar batu dilakukan berupa memasak daging babi melalui batu yang dipanaskan membara. Tradisi ini bisa dilakukan dalam satu desa atau beberapa desa.

Liputan6.com bersama Tim Wahana Visi Indonesia (WVI) berkesempatan menyaksikan proses upacara bakar batu bertepatan pada Hari Kemerdekaan ke-72 RI, dua minggu lalu. Lokasi upacara bakar batu dilakukan di Kantor Bupati Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Wamena, Papua.

Menuju ke lokasi upacara bakar batu, kami melakukan perjalanan dari kota Wamena. Tak butuh waktu lebih dari 20 menit, kami sudah tiba di lokasi pukul 08.30 WIT. Menurut infromasi dari rekan WVI, upacara bakar batu terbilang jarang dilakukan.

Babi yang digunakan untuk upacara bakar batu sebanyak 6 ekor atau lebih. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Hanya pada hari tertentu, seperti perayaan hari besar kemerdekaan RI digelar. Hal ini dikarenakan babi yang digunakan dalam upacara ini sangat mahal. Harga satu ekor babi yang besar mencapai Rp 30 juta.

Batu-batu panas dibawa ke lubang menggunakan kayu atau bambu yang dibentuk seperti penjepit. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Untuk meringankan beban harga babi tersebut biasanya satu desa tidak membeli satu babi utuh. Mereka saling mengumpulkan dana untuk membeli babi dengan desa lain. Dana dari dua desa bisa cukup membeli satu ekor babi.

Simak video menarik berikut ini:

Persiapan yang dilakukan, yaitu mempersiapkan batu yang dipanaskan terlebih dahulu. Batu ini banyak diambil di sungai atau kali. Namun, tak sembarang batu kali biasa. Batu yang diambil harus bertekstur keras dan tidak mudah hancur.

Batu yang sudah dikumpulkan ditumpuk kayu dan dibakar dengan api. Proses pemanasan batu memerlukan waktu sekitar dua jam.

Batu yang sedang dipanaskan. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Ketika batu dipanaskan, asap yang keluar sangat pekat. Dari kejauhan sebelum tiba di lokasi, kepulan asap dari pemanasan batu sudah terlihat.

Batu yang dipanaskan memakan waktu selama 2 jam. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Sesekali api harus dipantau agar tidak mati. Sembari menunggu proses pemanasan batu, masyarakat mengolah daging babi dan mempersiapkan sayuran.

Tampak suasana kerja sama selama proses upacara bakar batu. Para lelaki bertugas memotong babi yang masih utuh menjadi beberapa bagian.

Daging babi yang sudah dipotong ditaruh di atas rerumputan atau beralaskan daun pisang. Anak laki-laki juga ikut membantu memotong dan membersihkan daging babi dari darah.

Sementara itu, para wanita bertugas memoton sayuran dan mempersiapkan rerumputan juga ilalang untuk proses bakar batu.

Lubang yang digunakan untuk upacara bakar batu. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Selain itu, para lelaki juga menggali lubang untuk menaruh daging babi yang akan dibakar nanti. Artinya, seluruh daging babi yang digunakan dalam upacara ini tidak dimasukkan dalam satu lubang.

Ada beberapa lubang yang dipakai. Ini demi memudahkan daging babi masak. Sebagai pelengkap makan daging babi, ubi dan sayuran juga tengah dipersiapkan untuk dibakar.

Para lelaki menggali lubang untuk memasukkan daging babi. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Ubi dan sayuran tersebut dibawa di dalam noken--tas tradisional orang Papua yang dibawa dengan menggunakan kepala dan terbuat dari serat kulit kayu.

Setelah segala persiapan selesai, batu panas yang dimasukkan ke dalam lubang. Lalu daging babi dipotong-potong, kemudian ditaruh di atas batu beralaskan daun pisang ke dalam lubang. Di atas daging babi itu, ditutup daun pisang dan diletakkan batu panas lagi, ditutup daun.

Pada bagian di atas daun, masyarakat menaruh ubi jalar, singkong, dan sayur-sayuran lainya, dan ditutup daun lagi. Pada daun pisang paling atas ditumpuk lagi batu panas, yang kemudian ditutup daun pisang dan rerrumputan juga ilalang.

Para lelaki sedang memotong babi untuk upacara bakar batu. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Batu panas yang dimasukkan dibawa menuju lubang menggunakan kayu atau bambu yang dibentuk seperti penjepit. Batu panas berwarna kehitaman dan berasap itu dibawa satu persatu.

Demi membakar semangat, masyarakat yang berada di lokasi meneriakkan semacam yel-yel. Mereka juga menari-nari dan bernyanyi. Keriuhan pun terjadi.

Anak laki-laki juga ikut membantu dan membersihkan daging babi. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Proses daging babi matang memakan waktu 4 jam. Selama itu, masyarakat tetap menunggu di lokasi. Meski panas cukup terik, mereka rela menunggu daging babi matang.

Ada pula beberapa orang berlindung dari terik matahari menggunakan payung. Di dekat gerbang masuk kantor bupati juga tampak masyarakat yang menggelar tikar.

Mereka duduk berkelompok untuk beristirahat sejenak sambil makan. Karena waktu proses masih lama, kami tidak menunggu sampai daging matang.

Anda mungkin penasaran, bagaimana pembagian daging babi yang sudah matang. Masyarakat sangat antusias menyambut daging babi hasil upacara bakar batu yang matang.

Daging babi yang matang akan dipotong-potong lagi dan dibagi rata, tutur rekan dari WVI. Tidak ada namanya saling berebut lantas ada masyarakat yang tidak mendapat jatah.

Menunggu proses daging babi matang selama 4 jam. (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Pembagian daging babi dilakukan adil. Di lokasi upacara bakar batu, masyarakat duduk berkelompok. Adanya kelompok yang terbagi ini akan memudahkan pembagian daging babi.

Dalam kelompok tersebut, ada seorang koordinator. Dialah yang membagikan daging babi secara rata. Tiap orang mendapat jatah daging babi.

Yang menarik, jatah daging babi juga ikut dibagikan kepada seluruh orang yang hadir di lokasi acara. Bahkan tamu yang diundang pun ikut mendapatkan jatah daging babi.

Walaupun kami tidak melihat proses daging matang, kami juga diberi jatah daging babi. Daging babi matang ini berwarna putih hingga sedikit hitam karena terkena batu panas.

Upacara bakar batu saat perayaan hari Kemerdekaan RI ke-72 di Wamena, Papua (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Bagaimana rasa daging babi hasil upacara bakar batu? Salah satu rekan WVI memberikan kesan saat pertama kali makan daging babi.

"Saya baru pertama kali makan daging babi hasil upacara bakar batu. Hmm... rasanya lucu. Ada rasa seperti bumbu kacang gitu. Tapi kurang garam. Yang paling terasa itu aroma bakar dari batu panasnya," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai 1 September, Jasa Porter di Bandara Soekarno-Hatta Gratis

Posted: 31 Aug 2017 09:50 PM PDT

Anda sering terbang via Bandara Internasional Soekarno-Hatta? Sering direpotkan dengan koper dan bawaan bagasi banyak? Jangan khawatir. Mulai 1 September 2017, Angkasa Pura II (AP II) menggratiskan jasa tenaga angkut barang (porter). Jasa ini bakal tersedia di Terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Per tanggal 1 September 2017 jasa porter di Terminal 1 dan Terminal 2 diubah menjadi layanan airport helper. Penumpang yang menggunakan jasa porter tidak perlu membayar, semua gratis," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Kamis (31/8/2017).

Ia menjelaskan, karena namanya sudah berubah menjadi airport helper, maka bantuan yang diberikan tidak hanya soal angkat-angkat barang penumpang, melainkan segala hal yang dibutuhkan penumpang, selama dalam wewenang airport helper. Semuanya dibebaskan dari uang tip.

"Apapun akan dibantu selama mereka bisa membantu dalam kewenangannya. Namanya juga helper. Tidak dikenakan biaya alias free of charge and no tipping," ucap Awaluddin.

Dia mengatakan, sebelumnya kebijakan jasa angkut barang gratis hanya berlaku di Terminal 3 yang melayani penerbangan internasional dan domestik. Kebijakan jasa porter gratis itu, menurut Awaluddin, merupakan salah satu upaya menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara berkelas internasional.

"Kami ingin memberlakukan semua terminal sama seperti di Terminal 3. Jadi semua terminal itu sama. Kan kami mau go international world class," kata dia.

Awaluddin menambahkan, selama ini ada tiga vendor yang menyuplai tenaga jasa angkut di area Bandara Soekarno-Hatta dengan jumlah sekitar 800 tenaga kerja. Nantinya, PT Angkasa Pura Solusi, anak perusahaan PT Angkasa Pura II, yang akan mengatur pendapatan dari para porter yang selama ini mengandalkan tips dan target.

"Kami paham kebijakan porter gratis akan berdampak terhadap mekanisme pengupahan para buruh. Kalau yang dulunya per target. Kita kan UMR, soal besarnya gaji masih digodok," ujar dia.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengapresiasi ide dan implementasi airport helper. Ini bagian dari langkah excellent services yang disediakan AP II, untuk salah satu customer-nya, yaitu penumpang.

"Bagus! Pengguna jasa transportasi udara yang melalui terminal atau bandara merasa sangat nyaman dan aman," ucap Arief.

Begitu juga dengan customer yang lain, yaitu maskapai penerbangan. AP II membebaskan landing fee bagi maskapai yang Remind Over Night (RON) di luar Bandara Soekarno-Hatta. Mereka menjanjikan insentif untuk menginap (RON) di 12 bandara lain, di luar Cengkareng, yang sama-sama di bawah pengelolaan Angkasa Pura II.

Arief menyebut Bandara Soetta adalah gerbang pariwisata Indonesia, jadi cara melayani para pengunjung harus memiliki standar hospitality kelas dunia.

"Benchmark-nya Singapore, orang merasa nyaman, aman, mudah, terbantu," kata dia.

"Bandara adalah first impression, pertama kali orang melihat dan menginjakkan kaki di Tanah Air, melalui bandara. Kalau disapa ramah sejak di bandara, maka seluruh wajah Indonesia akan ramah dan baik," ujar Arief.

Karena itu, ia meminta PT Angkasa Pura II terus berinovasi menciptakan lebih banyak kemudahan, kenyamanan, dan keramahan, terutama dalam segi pengelolaan bandara, termasuk pelayanan guna menunjang banyaknya pengunjung yang datang.

"Ide menggratiskan jasa porter ini bagus sekali, karena banyak turis yang datang bawaannya banyak. Mereka akan terkesan dengan bandara nantinya. Ini bisa mempengaruhi dan harus tahu juga berbisnis dan pendapatannya,"ucap Arief.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Urusan Transfer, AC Milan Jadi Paling Royal di Italia

Posted: 31 Aug 2017 09:45 PM PDT

Raksasa Italia, AC Milan menjadi klub paling royal ketiga di dunia selama bursa transfer musim panas ini. Menurut CEO mereka, Marco Fassone, I Rossoneri total menghabiskan uang 230 juta euro atau setara Rp 3,65 triliun untuk membeli 11 pemain.

AC Milan hanya kalah dari Manchester City dan Paris Saint-Germain. The Citizens menggelontorkan dana sebesar 244,33 juta euro. Sementara PSG, yang hanya membeli Neymar dan meminjam Kylian Mbappe Lottin, menghabiskan 238 juta euro.

"Sebenarnya kami berharap dapat mengeluarkan uang lebih sedikit untuk urusan transfer dan gaji lebih besar untuk pemain. Tapi kami mengubah neraca. Kami menghabiskan 230 juta euro dan akan memasukkannya ke dalam neraca. Tidak akan ada lagi untuk pinjaman atau yang lainnya," ujar Fassone.

Sementara di Italia, AC Milan berada di urutan pertama klub yang paling banyak menghabiskan uang untuk berbelanja pemain. Setelah mereka ada Juventus (149,2 juta euro atau Rp 2,3 triliun), AS Roma (102 juta euro), dan Inter Milan (86,58 juta euro).

"Kami berterima kasih pada presiden yang telah mengizinkan kami untuk membuat gebrakan penting di bursa transfer. Anda lihat beberapa pengeluaran besar. Kami menjual beberapa pemain, dan mungkin beberapa lagi dalam beberapa hari ke depan. Kami menargetkan mendapat 60 juta euro dari penjualan," Fassone menambahkan.

Sejauh ini, revolusi yang dibuat oleh AC Milan cukup berhasil. Diavolo telah memenangkan dua pertandingan awal Serie A musim 2017/2018, dan sudah memastikan diri lolos Liga Europa.

"Akan ada banyak anekdot soal transfer yang kami lakukan memang. Tapi kami akan menerimanya untuk diri kami. Ya, semacam bumbu-bumbu kehidupan," tutur Fassone. (Abul Muamar)

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Idul Adha, 2 Gempa Goyang Manado

Posted: 31 Aug 2017 09:45 PM PDT

 

Dua kali gempa bumi mengguncang Manado pada Jumat (01/09/2017) pagi. Meski pusat gempat berada di Kabupaten Bolmong Timur, Provinsi Sulut, namun gempa ini cukup mengusik warga Manado yang sedang menyiapkan diri menjalankan salat Idul Adha.

"Kami cukup kaget juga, karena gempa itu terasa saat sementara bersiap menuju lokasi salat ied," ujar Anshar Yusuf, warga kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Manado.
Meski demikian, Yusuf mengaku tidak mengganggu persiapannya mengikuti salai ied sekaligus perayaan Idul Adha bersama keluarga.

Data yang dikeluarkan BMKG Sulut menyebutkan, gempa yang pertama terjadi pukul 06:57:37 Wita dengan kekuatan 5,4 SR dengan pusat gempa di 127 km tenggara, Boltim.
"Namun getarannya dirasakan hingga ke Manado dan Kabupaten Minahasa," jelas Yandri Wola, dari BMKG Sulut.

Sedangkan gempa kedua berkekuatan 4,0 SR terjadi pukul 07:09:17 Wita, dengan pusat gempa pada 81 km Tenggara Boltim, namun getarannya juga dirasakan hingga di Manado.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pulang dari Indonesia, Jungshin CNBLUE Kepincut Sate Taichan

Posted: 31 Aug 2017 09:40 PM PDT

Jungshin CNBLUE tampaknya belum bisa melupakan kenangannya selama berkunjung ke Tanah Air beberapa waktu lalu. Jungshin mengaku cinta Indonesia setelah kepincut kelezatan sate taichan.

Sate ayam yang dibakar tanpa kecap atau bumbu kacang dan dinikmati dengan sambal. Seperti diketahui, Jungshin bersama CNBLUE sempat mengadakan konser di Indonesia pada Juli 2017 lalu.

 Jungshin `CNBLUE` mengaku kesal karena sempat disebut sebagai gay.

Melalui Instagram pribadinya, basist CNBLUE itu mengunggah deretan foto-foto hasil jepretannya saat mencicipi kuliner malam di Jakarta. Dari penampakannya, foto-foto tersebut diambil di daerah sekitar Senayan, Jakarta Pusat.

Basist berusia 25 tahun itu mengabadikan beberapa gambar penjual sate taichan yang memang selalu mangkal setiap malamnya di sekitaran Senayan. Ada juga seorang pedagang minuman keliling yang tampak tertidur dengan bersandar pada gerobak dagangannya.

Termasuk sekumpulan klub motor yang kerap mengadakan kopi darat di sana. "2017 #Jakarta #야시장 Photo by 역시나 @leejungshin91 I love indonesia," tulis Jungshin CNBLUE di keterangan foto.

 

A post shared by 이정신 (@leejungshin91) on

Tentu saja banyak penggemar yang terkejut sekaligus bahagia dengan unggahan Jungshin CNBLUE ini. Tidak sedikit juga yang iri dengan para pedagang sate taichan yang bisa bertemu Jungshin saat itu.

"Wow oppa suka sate taichan sambal Setan," ujar @tiazti.qi misalnya.

"Lagi..ketika kang sate lebih beruntung dari fangirl," ashut @matuz_yoon.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 5 SR Goyang Malang

Posted: 31 Aug 2017 09:36 PM PDT

Gempa berkekuatan 5 Skala Richter menggoyang Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat siang ini.

Sumber dari Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa terjadi Jumat (1/9/2017) sekitar pukul 10.47 WIB.

Gempa berlokasi 11.63 lintang selatan (LS), 112.88 bujur timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan laut, atau 376 km Tenggara Kabupaten Malang, atau 905 km tenggara Jakarta.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di akun resminya, bmkg.go.id.   

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Bakal Sumbang Rp 133 M untuk Korban Banjir Texas

Posted: 31 Aug 2017 09:33 PM PDT

Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengeluarkan uang US$ 1 juta atau Rp 133,4 miliar dari kantongnya sendiri untuk membantu korban badai Harvey di Texas.

"Dia berjanji dengan membanggakan akan mengeluarkan uang US$ 1 juta dari dana pribadinya demi membantu warga Texas dan Lousiana," ucap Juru Bicara Gedung Putih, Sarah Sanders, seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (1/9/2017).

Meski demkikian, Sanders tidak merinci apakah dana tersebut dikeluarkan dari rekening pribadi Trump atau yayasan amalnya.

Mengenai pemberian bantuan, Sanders mengatakan Trump terlebih dahulu meminta saran dari biro pers Gedung Putih.

Selain itu, Jubir Gedung Putih menyampaikan rencana kunjungan tentatif Trump ke beberapa tempat terdampak banjir seperti Houston dan Lake Charles di Lousiana.

Jika terwujud, lawatan itu menjadi kunjungan yang kedua Trump ke tempat terdampak banjir. Lawatan pertama dilakukan Selasa lalu, di Corpus Christi.

Selama lawatannya di Texas, Trump tidak diizinkan untuk mengujungi area banjir. Alasan keamanan serta sulitnya logistik menjadi dasar pelarangan tersebut.

Fenomena alam badai Harvey pertama kali "mendarat" di Corpus Christi, Texas, sekitar 330 km dari Kota Houston. Harvey merupakan badai terbesar yang menerjang AS dalam 12 tahun terakhir.

Badai Harvey yang berkategori 1-4 menerjang Negara Bagian Texas sejak 25 Agustus lalu. Akibat dari badai ini, banjir besar melanda Houston hingga sebelah barat Negara Bagian Louisiana.

Fenomena alam tersebut pertama kali "mendarat" di Corpus Christi, Texas, sekitar 330 km dari kota Houston. Harvey merupakan badai terbesar yang menerjang AS dalam 12 tahun terakhir.

Presiden Trump telah mendeklarasikan status Federal Disaster. Sementara itu, Gubernur Texas, Greg Abbot mengumukan State of Disaster kepada 30 counties.

Kantor-kantor pemerintah dan swasta, serta sekolah dan universitas diliburkan. Dua bandara utama Houston, George Bush International dan William P Hobby Airport ditutup sejak 27 Agustus 2017 hingga waktu yang belum ditentukan.

Simak video berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unik, Cara Baru Bersihkan Komedo dengan Bantuan Benang Gigi

Posted: 31 Aug 2017 09:33 PM PDT

Jika biasanya dental floss atau benang gigi digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi, tapi tidak bagi gadis yang satu ini.

Dilansir dari Myfatpocket, Kamis (31/8/2017), seorang blogger cantik Sukhi Mann justru menggunakan benang gigi untuk menghilangkan komedo yang ada pada hidungnya. Cara yang dilakukannya pun cukup mudah. Mann mengisi mangkuk berukuran sedang dengan air panas, kemudian merendam handuk bersih di dalamnya. Pastikan handuk yang direndam tidak terlalu panas, lalu menaruhnya di permukaan hidung lebih kurang selama lima menit. Hal ini akan membuat pori-pori kulit terbuka sehingga akan sangat mudah untuk membersihkan komedo.

 

🔪DIY trick using disposable floss picks and mouthwash. This trick helps to extract whiteheads and blackheads. This hack definitely works❗️If you try it, tag me 🤗 ♥️ ___________ ◾️All you need is a hot towel, floss pick, and toner. ___________ 1️⃣Take a towel and place it in hot water. Take the towel out and make sure it isn't too hot. Also, make sure that the area is clean and place the towel on the problem area so that the heat will open up the pores. Do this for about 5 mins or so. 2️⃣Take the disposable floss pick and drag it in a scraping motion. This option is cheaper and less likely to scar you than using a metal extractor. Be sure to not over do it. 3️⃣When finished, rinse the area with a mild cleanser. 4️⃣Follow up with a toner (you can use rose water, mouthwash, or your regular toner.) ❗️If you have really sensitive skin don't use mouthwash or do a patch test first. 5️⃣Be sure to moisturize your nose after applying the toner. ----------- Tag your bestie ♥️ 👻SNAPCHAT: A_LLURE7 _____________ @hudabeauty @monakattan @alyakattan #hudabeauty #hairmakeupdiary #facemask #skincare #makeuptutorial #fashionarttut #laurag_143 #sukhimann_ #instadaily #instalike #instamood #instafashion #chico #fashion #instamakeup #indianvlogger #indianblogger #desibeautyblog #hudabeauty #allmordernmakeup #melformakeup #hypnaughtymakeup #inssta_makeup #makeupfanatic1 #brian_champagne #makeuptutorial #shimycatsmua #fakeupfix #associationofbeauty #hairmakeupdiary #liveglam #laurag_143 #brian_champagne

A post shared by Sukhi Mann (@sukhimann_) on

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah ambil benang gigi kemudian seret dari atas hingga ke bawah dalam bentuk gerakan gesekan yang lembut. Mann meyakini bahwa benang gigi cenderung lebih aman dibandingkan dengan menggunakan logam sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menimbulkan bekas luka pada hidung. Setelah semua sudah terangkat, bilas dengan air bersih dan oleskan toner secara perlahan (bisa berupa air mawar, obat kumur atau toner wajah yang biasa digunakan) dengan bantuan kapas. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sekjen PAN Jenguk Sang Kakak Siti Masitha di Rutan KPK

Posted: 31 Aug 2017 09:32 PM PDT

Sekertaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menjenguk sang kakak yang merupakan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno. Perempuan yang akrab disapa Bunda Sitha itu baru saja ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap.

Eddy mengatakan Idul Adha merupakan kesempatan baginya untuk menjenguk sang kakak yang baru tiga hari mendekam di balik jeruji tahanan.

"Ini jam kunjungan hari besar dan kami sebagai keluarga datang untuk menjenguk, paling tidak menghabiskan sebagian dari waktu di Hari Raya Idul Adha ini dengan ibu Siti Masitha yang merupakan kakak kandung saya," kata Eddy di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (1/9/2017).

Pada kunjungannya pertama ini, Eddy turut membawa putra-putra Sitha. Tak ketinggalan, makanan khas perayaan Idul Adha pun turut dibawa politikus ini.

"Kita membawa makanan sesuai dengan Haru Raya Idul Adha dan kuta datang ke sini untuk silaturahim. Karena ini kunjungan pertama sta untuk bisa datang mengunjungi kakak saya," jelas Eddy.

Saksikan video berikut ini:

Siti Mashita ditetepkan sebagai tersangka karena diduga telah menerima uang suap sejumlah Rp 5,1 Miliar. Uang tersebut diduga akan digunakan untuk maju dalam Pilkada Kota Tegal 2018.

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Siti akan kembali maju menjadi Wali Kota Tegal didampingi pengusaha Amir Mirza sebagai calon Wakil Wali Kota Tegal, yang juga tersangka kasus ini, karena sebagai terduga penyuap.

Uang Rp 5,1 miliar tersebut didapat dari dua proyek yang kini sudah ditangani penyidik KPK.

Sebagai penerima Siti Masitha disangka Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31/1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ramsey Kecewa Berat Arsenal Jual Ox

Posted: 31 Aug 2017 09:30 PM PDT

Aaron Ramsey sangat kecewa Arsenal menjual ke Alex Oxlade-Chamberlain ke Liverpool. Ia menilai Ox adalah salah satu pemain terbaik milik The Gunners.

Sepanjang musim panas ini Oxlade-Chamberlain selalu dikabarkan akan pergi dari Emirates Stadium. Pasalnya, ia tak juga memperpanjang kontrak yang akan habis tahun depan.

Padahal Arsenal menaikkan gaji pemain berusia 24 tahun itu secara signifikan yakni 180 ribu pound sterling per pekan.

Namun Oxlade-Chamberlain menolaknya dan memilih pindah ke Liverpool. Ox juga menolak tawaran dari Chelsea karena tak mau dijadikan bek sayap.

"Pemain Inggris lain akhirnya pergi mencari tempat baru. Kami kehilangan pemain hebat dan sosok menyenangkan di ruang ganti," kata Ramsey dalam akun Instagram-nya.

"Sangat menyedihkan melihatnya pergi. Saya punya masa menyenangkan bermain bertahun-tahun di Arsenal bersamanya. Menyedihkan," Ramsey menambahkan.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Satelit Telkom 1 Hancur di Luar Angkasa Tuai Perhatian

Posted: 31 Aug 2017 09:30 PM PDT

Kabar terkini tentang satelit Telkom 1 secara perlahan mulai terkuak. Sempat mengalami anomali di akhir pekan kemarin, satelit PT Telkom Indonesia ini kemungkinan besar hancur berkeping-keping.

Artikel tentang hancurnya satelit Telkom 1 ternyata menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menarik perhatian datang dari Galaxy Note 8 yang dianugerahi sebagai smartphone berlayar terbaik di dunia, dan hadirnya Redmi 4A versi RAM 3GB dan ROM 32GB.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Satelit Telkom 1 Hancur Berkeping-keping di Luar Angkasa?

Akhir pekan kemarin, satelit milik PT Telkom Indonesia, Telkom 1 mengalami anomali. Hingga Rabu, 30 Agustus, Telkom menyebut penyebab anomali pada satelit Telkom 1 belum diketahui dan pihaknya masih terus melakukan investigasi.

Namun, kini nasib satelit Telkom 1 perlahan mulai terkuak. ExoAnalytic, sebuah perusahaan Amerika Serikat yang melacak keberadaan objek di orbit geostationer, menunjukkan satelit tersebut kemungkinan hancur berkeping-keping.

Geostationer merupakan lokasi orbit dengan jarak sekitar 36.000 km di atas Bumi. Orbit itu memungkinkan satelit mempertahankan posisi mereka tetap di atas Bumi.

Baca selengkapnya di sini

2. Pecahkan Rekor, Galaxy Note 8 Punya Layar Terbaik Dunia

Setahun lalu Samsung Galaxy S8 mendapatkan penghargaan dari DisplayMate sebagai smartphone dengan layar terbaik dan mendapatkan nilai A+.

Kini, perusahaan penguji layar tersebut menganugerahi Galaxy Note 8 sebagai smartphone dengan layar terbaik di dunia. Diketahui, Samsung baru saja memperkenalkan Galaxy Note 8 pada 23 Agustus 2018 di New York, Amerika Serikat.

Menjadi penerus Galaxy Note 7, smartphone terbaru milik perusahaan asal Korea Selatan ini hadir dengan layar AMOLED berukuran 6,3 inci.

Baca selengkapnya di sini

3. Xiaomi Hadirkan Redmi 4A Versi RAM 3GB dan ROM 32GB

Sebuah riset yang dipublikasikan baru-baru ini mengungkap, smartphone 4G entry level Xiaomi Redmi 4A berada di urutan kelima sebagai model paling banyak dibeli pada kuartal kedua 2017. Tercatat, 5,5 juta unit Redmi 4A berhasil dijual di seluruh dunia antara April dan Juni.

Penjualan terbanyak berasal dari India, negara tempat Xiaomi merilis Redmi 4A pada Maret 2017. Keberhasilan inilah yang kemungkinan membuat Xiaomi memutuskan merilis versi baru Redmi 4A.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari Gizmochina, Kamis (31/8/2017), Redmi 4A versi baru yang dimaksud hadir dengan RAM 3GB dan memori internal 32GB. Redmi 4A versi baru ini diumumkan di India.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebaran Haji, Keluarga Ayu Ting Ting Pakai Baju Serba Hijau

Posted: 31 Aug 2017 09:24 PM PDT

Ayu Ting Ting mengucapkan selamat Idul Adha melalui Instagram pribadinya. Pelantun "Sambalado" itu pun mengungkap harapan di hari besar umat muslim tersebut.

Hal itu diungkap melalui sebuah foto yang menunjukkan wajah semringah Ayu Ting Ting, sang ayah, ibu, adik, dan anaknya. Foto yang diunggah Jumat (1/9/2017) itu lantas disukai oleh lebih dari 187 ribu pengguna Instagram.

 Ayu Ting Ting dan ibunda, Umi Kalsum

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1438 H" Minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir batin....semoga kita semua mendapat keberkahan dari ALLAH SWT," tulis Ayu Ting Ting dalam keterangan foto.

Ayu Ting Ting dan keluarga tampak mengenakan baju bernuansa hijau yang sekilas serupa dengan warna kulit ketupat. Maklum saja, sebagian masyarakat Indonesia memang akrab dengan ketupat dan opor saat merayakan hari besar.

Tak ada komentar bernada sindiran atau hujatan dalam foto itu. Para warganet justru mengamini doa Ayu Ting Ting dan turut mengucapkan selamat Idul Adha pada sang idola.

 

Selain melalui foto, Ayu Ting Ting juga membagikan kegiatan saat berkumpul bersama keluarga melalui Instagram Story-nya. "Semoga berkah, selamat hari raya Idul Adha untuk semua. Semoga tambah rezekinya," ungkap sang penyanyi.

 

Saksikan video menarik berikut ini. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jalur Ganda Kereta Bogor-Sukabumi Dibangun Tahun Ini

Posted: 31 Aug 2017 09:20 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi akan dimulai tahun ini. Jokowi meyakini pembangunan jalur ganda kereta api Bogor-Sukabumi dapat dimulai tahun ini karena anggarannya telah tersedia.

"Kemarin sudah kita lihat sangat memungkinkan dan tahun ini langsung kita segera kerjakan. Anggarannya kemarin dihitung kurang lebih Rp 400-an miliar," ucap Jokowi di sela salat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi, Sabtu (1/9/2017).

Jokowi menyatakan akan melanjutkan proyek tersebut hingga Cianjur dan Bandung mengingat manfaat bagi percepatan mobilitas orang dan barang sangat besar.

Rencananya proyek tersebut akan dimulai tahun depan dan selesai pada 2019.

"Sudah saya perintahkan kemarin untuk disurvei yang dari Sukabumi menuju Cianjur, menuju ke Bandung. Revitalisasi total dilihat lagi juga, kalau itu tahun berikutnya berarti 2019," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi menjelaskan mengenai pembangunan jalan tol ruas Bogor-Ciawi-Sukabumi yang seharusnya telah dimulai pada 1996. Namun saat itu investor tidak segera memulainya, sehingga akhirnya Presiden memutuskan proyek tersebut diambil alih dan ditangani oleh BUMN.

"Insya Allah dua tahun lagi selesai, saya cek terus," kata dia.

Menurut Jokowi jarak tempuh Jakarta ke Sukabumi yang memakan waktu hingga sembilan jam, cukup lama. Oleh sebab itu, Presiden memerintahkan jajarannya untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Kemacetan ini yang akan kita selesaikan, sehingga saya perintahkan kemarin untuk tol Bocimi itu dipercepat selesainya," ujar Jokowi.

Saksikan video berikut ini:

Sedangkan untuk pembangunan bandar udara di Sukabumi, Jokowi menyatakan tidak akan mengumumkan lokasi  bandara tersebut akan dibangun.

"Kalau saya umumkan, nanti harga tanahnya naik semuanya. Jadi biar nanti saja, tahu-tahu sudah jadi. Kalau diumumkan jadi ramai, harga tanah jadi naik," ungkap Jokowi.

Menurut dia, Sukabumi adalah kota besar yang dihuni oleh masyarakat yang ramah dan memiliki kuliner khas yang mempunyai cita rasa tinggi.

"Ini adalah kota yang besar, malam hari sangat ramai, masyarakatnya ramah semuanya. Dan makanannya kemarin waktu berbuka habis semuanya, saya habiskan. Lauknya enak semuanya, ikan bakarnya enak," ucap Jokowi.

Turut mendampingi Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam kunjungan kali ini adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Borneo FC Tempel Persib

Posted: 31 Aug 2017 09:15 PM PDT

Persaingan tim-tim di papan tengah klasemen sementara Liga 1 pada pekan ke-23 akan semakin sengit. Setelah Semen Padang ditahan imbang 1-1 oleh Borneo FC, pada Kamis (31/8/2017), langkah Semen Padang ke posisi lima besar juga kian berat.

Satu poin yang dicuri Pesut Etam di Stadion Agus Salim, Padang terjadi berkat gol telat Sultan Samma pada menit ke-84. Dengan hasil ini, Semen Padang harus turun ke peringkat 13 dengan koleksi 27 poin di penutupan pekan ke-22.

Sementara Borneo FC kini menyamai perolehan Persib Bandung yang berada di peringkat 10. Persib hanya unggul selisih gol dari Pesut Etam setelah mencuri satu poin di kandang Persipura Jayapura pada Senin (28/8).

Di puncak klasemen, masih bertengger Bali United dengan 41 poin hasil 13 kali menang dan dua kali seri. Bali United mesti berhati-hati pada Bhayangkara FC, PSM Makassar hingga Persipura karena jarak antar klub sangat tipis.

Ketiga tim dalam Big Four ini berpeluang menyalip Bali United pada pekan ke-23 nanti. Terutama BFC yang baru naik satu peringkat usai menang telak 5-0 di kandang Gresik United.

Oleh karena itu Bali United harus memaksimalkan laga kandang melawan Persela Lamongan pada Minggu (3/9/2017) nanti. Serdadu Tridatu juga tak boleh meremehkan Persela yang datang berstatus tim kuda hitam Liga 1.

Berikut klasemen lengkap pekan ke-22

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penerimaan Menurun, Istiqlal Hanya Bagikan 4 Ribu Daging Kurban

Posted: 31 Aug 2017 09:06 PM PDT

Panitia kurban Masjid Istiqlal menerima 53 ekor hewan kurban. Terdiri dari 27 ekor sapi dan 26 ekor kambing. Menurut Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam, jumlah hewan kurban di Istiqlal lebih rendah dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu lebih banyak sekitar 32 ekor sapi. Tahun lalu mendapat 6.000 kantong. Kami perkirakan tahun ini menurun sedikit, sekitar 4.000 kantong," ujar Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2017).

Menurut Abu, pola penyumbangan hewan kurban di Masjid Istiqlal kali ini sudah mulai diubah. Tahun lalu, masyarakat dibiarkan mengantre untuk mendapatkan kupon dari panitia.

"Sekarang dibalik, kami panitia Masjid Istiqlal yang akan mendatangi langsung ke masyarakat," kata dia.

Dengan begitu, pendistribusian hewan kurban di Masjid Istiqlal lebih tertata dan rapi. Setidaknya, masyarakat yang benar-benar membutuhkan akan menerima kantong hewan kurban.

Menurutnya, panitia hewan kurban Masjid Istiqlal sudah bekerja sama dengan tokoh masyarakat sekitar dalam mendata masyarakat yang berhak menerima.

"Tentunya masyarakat yang diprioritaskan adalah warga yang tetangga langsung dengan Masjid Istiqlal, yang rumahnya paling dekat dengan Istiqlal," terang Abu.

Penyembilihan hewan kurban di Masjid Istiqlal akan dilaksanakan selepas salat asar. Ini berbeda dengan biasanya.

"Sengaja kami lakukan dengan harapan jam sembilan malam sudah bisa kami bagi-bagikan," ujar Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2017).

Penyembelihan sapi di Masjid Istiqlal biasanya dilakukan selepas salat isya. Abu juga berharap masyarakat yang bisa menikmati kurban ini bisa lebih banyak.

"Artinya, daging kurban bisa lebih fresh dibanding kami menyembelih selepas salat isya, itu masyarakat yang menunggu sudah lelah ketiduran," kata dia.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Taman Bacaan, Cara Risma Tangkal Remaja Nakal

Posted: 31 Aug 2017 09:02 PM PDT

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini meresmikan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di RW 02 Krembangan Bhakti, Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Krembangan, Rabu, 30 Agustus 2017. Total ada 1.300-an TBM tersebar di wilayah Surabaya.

Risma menyampaikan, keberadaan Taman Bacaan Masyarakat bukan sekadar untuk mendorong minat anak-anak agar gemar membaca, tapi juga bisa untuk mengerjakan tugas sekolah karena ada pembimbing yang bisa memberikan penjelasan.

Lebih dari itu, TBM juga bisa berperan dalam menangkal kenakalan remaja ataupun pengaruh narkoba dan pergaulan bebas. Terlebih, ada beberapa anak di kawasan tersebut yang pernah terlibat kenakalan remaja.

"Dengan adanya TBM ini, anak-anak bisa mendapatkan akses lingkungan yang lebih baik. TBM ini bukan hanya agar anak jadi pandai, tetapi juga untuk memproteksi anak agar aman," kata Risma.

Menurut Wali Kota Surabaya, godaan bagi anak-anak era sekarang sangat besar. Selain godaan kenakalan remaja dan narkoba, juga ada bahaya pergaulan bebas. maka itu, ia mengajak masyarakat untuk saling bergandengan tangan demi melindungi anak-anak di lingkungan mereka dari bahaya yang mengintai.

"Sekarang kita jangan bicara itu anaknya orang lain, bukan anakku. Jangan seperti itu. Tapi anggaplah anak kita. Sebab, dampaknya bisa terkena pada semua anak," kata wali kota perempuan pertama di Surabaya itu.

Selain meresmikan taman bacaan masyarakat, Risma juga memberikan bantuan fasilitas olahraga kepada RW 02 Kemayoran. Ada meja tenis meja, bulu tangkis dan juga bola futsal. Ia berharap anak-anak muda dan warga pada umumnya, bisa lebih sering meluangkan waktu untuk berolahraga.

"Ada 9 RW di sini dan per RW akan kami bagi fasilitas olahraga yang sama. Pemkot juga akan membangun lapangan olahraga dan sentra PKL untuk warga di kawasan Indrapura," ucap Risma.

Ketua RW 02 Kemayoran, Achmad Hidayat mengapresiasi upaya Pemkot Surabaya untuk menyediakan TBM di lingkungan warganya. Dia optismistis taman bacaan itu akan berdampak positif bagi anak-anak di RW 02 Kemayoran.

"Program seperti ini yang kami tunggu. Ini seperti kail. Saya optimistis, iklim belajar anak-anak di sini akan menngkat, begitu juga prestasi akademik di sekolah," ujarnya.

Pada 2016 lalu, ia mengakui beberapa anak di wilayah RW 02 Kemayoran yang terpengaruh kenakalan remaja yang menjurus kriminalitas. Namun, pada tahun ini hingga semester pertama, tidak ada lagi anak-anak yang terlibat kenakalan remaja.

"Dengan adanya TBM dan juga fasilitas olahraga ini, saya yakin anak-anak bisa lebih baik. Kalau dulu karena mereka tidak menemukan ruang untuk berekspresi," ujar Ketua RW yang baru berusia 25 tahun ini.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tagar EidAlAdha Jadi Trending Topic di Twitter

Posted: 31 Aug 2017 09:01 PM PDT

Umat Muslim di Indonesia tengah merayakan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari ini, (1/9/2017). Kemeriahan inipun tak hanya dirasakan di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya seperti di Twitter.

Hal tersebut terbukti dari tagar(#) EidAlAdha dan ucapan 'Selamat Hari Raya Idul Adha' yang menjadi trending topic Twitter di Indonesia.

Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com, Jumat (1/9/2017) pagi ini, #EidAlAdha bertengger di urutan pertama untuk trending topic di Indonesia.

Selain #EidAlAdha beberapa topik lain mengenai Hari Raya Idul Adha 1438 H pun juga menjadi trending topic di Twitter, seperti 'Selamat Hari Raya Idul Adha', 1438 H, Allah SWT, #EidMubarak, Ismail, serta Ibrahim. 

Dengan menjadi salah satu negara yang memiliki jumlah pengguna aktif Twitter yang besar, tak mengherankan bilamana topik yang diunggah ke Twitter oleh pengguna langsung melesat menjadi trending topic di Twitter.

(Ysl/Isk)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantan Dubes AS untuk China: Xi Jinping Benci Kim Jong-un

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

Kebebalan Korea Utara untuk tetap meluncurkan rudal membuat seluruh dunia geram. Puncaknya, pada Selasa, 29 Agustus lalu, Pyongyang menembakkan Hwasong-12 yang melintasi Jepang dan kemudian jatuh di perairan Samudra Pasifik.

Tak hanya Donald Trump, pemimpin Jepang dan Korea Selatan juga bukan main geramnya pada Kim Jong-un.

Diam-diam, pemimpin China, Xi Jinping, sebenarnya jengkel dan benci luar biasa pada diktator muda Korut itu. Namun, Xi masih mau bertoleransi dengan kelaliman Kim atas nama stabilitas di Semenanjung Korea.

Hal itu diungkapkan mantan Duta Besar AS untuk China, Max Baucus. Dubes yang memutuskan untuk keluar ketika Donald Trump jadi presiden itu mengatakan "Pemimpin China mengatakan, Kim Jong-un pemicu instabilitas di Semenanjung."

"Pemimpin China dan jajaran pejabat tingginya juga harus melakukan tawar-menawar yang keras dengan AS karena Trump mencoba untuk menemukan solusi atas krisis Korea Utara saat ini dan berusaha untuk membatasi pengaruh Amerika di wilayah tersebut," katanya kepada program BBC Radio 4, seperti dikutip The Independent, Jumat (1/9/2017).

"Ekspresi yang paling menghina yang pernah saya dengar adalah, bagaimana Xi mendeskripsikan Kim Jong-un. Di situ terdengar bahwa Xi sama sekali tidak menyukai pria itu," lanjutnya.

Dia menambahkan, "Sebelum Trump jadi presiden, China hampir memuja stabilitas yang mereka jaga dengan bersedia menoleransi ketidakpastian masa depan rudal Kim, asalkan semenanjung tetap stabil secara ekonomi dan politik.

"Mereka tidak menginginkan krisis yang mengakibatkan pengungsi membanjiri China, mereka tentu tidak menginginkan solusi di mana Amerika Serikat dan Korea Selatan memiliki pengaruh yang lebih besar di semenanjung tersebut dan, lihatlah, Amerika Serikat, pada dasarnya ada di pintu belakang China," beber Baucus.

Presiden China Xi Jinping dan istrinya Peng Liyuan tiba pada hari pertama KTT G-20 di Hamburg, Jerman utara, Jumat, (7/7). Sejumlah pemimpin negara berkumpul dalam KTT G20 pada 7-8 Juli 2017. (AP Photo / Michael Sohn)

China- sekutu Korea Utara yang terbesar -- setuju untuk menerapkan sanksi PBB terbaru dan juga paling keras dibanding Korea Selatan.

Trump berulang kali mengatakan bahwa ia percaya, Beijing seharusnya memberi tekanan lebih kepada tetangganya agar meninggalkan program nuklir mereka.

Setelah peluncuran misil terbaru Korut, China segera menyerukan pertemuan diplomatik dan meminta semua pihak untuk menahan diri.

Menurut Baucus, serangan rudal Korut terbaru merupakan respons dari pernyataan dari "janji" Trump akan menyerang dengan api kemarahan yang belum pernah dilihat dunia sebelumnya.

Baucus, yang juga senator AS selama enam periode, memaksa Trump untuk duduk bersama Korut pasca-peluncuran rudal itu. Apalagi, terbukti bahwa Pyongyang mampu meluncurkan misil ke arah Jepang.

Setelah peluncuran itu, Kim Jong-un lewat KCNA mengatakan rudal itu adalah sebuah permulaan yang  menggambarkan perang sesungguhnya di Pasifik. Guam, kata dia, adalah target berikutnya.

Banyak analis percaya bahwa serangan ke Guam akan membuat militer AS turun tangan. Namun, diperkirakan tak mungkin terjadi.

"Menurut pengamatan saya, diplomatik adalah solusi untuk menyelesaikan masalah Korut. Dengan prinsip saling menghormati dan menggaet negara-negara di kawasan, termasuk China. AS justru harus kerja sama dengan China dan anggap negara itu partner," lanjut Baucus.

"Kim itu tidak bodoh, dia cuma berakal tajam. Dia orang yang cukup rasional, dan bukan orang yang terkurung dalam pikirannya sendiri seperti yang orang-orang pikir. Ia sejatinya adalah kapten dari negara itu," ujar Baucus.

"Semua terserah Kim untuk menentukan langkah berikutnya. Ia akan melihat reaksi Barat dan mencoba memutuskan 'garis merah'-nya sendiri," ungkap mantan dubes itu.

Dua hari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik yang melintasi langit Jepang, Amerika Serikat dan Korea Selatan kembali memamerkan kekuatan tempurnya. Kali ini dengan melibatkan armada pesawat silumannya.

Empat jet tempur AS F-35B bergabung dengan dua pesawat bomber B-1B dan empat jet tempur F-15 milik Korea Selatan, terbang di atas Semenanjung Korea. Informasi tersebut disampaikan pejabat Angkatan Udara Korsel kepada CNN.

Dalam sebuah pernyataan, Angkatan Udara Korsel menyampaikan, pesawat bomber AS diterbangkan dari Guam, wilayah teritorial Amerika di Pasifik, yang jadi target rudal Korut.

Sementara, empat jet tempur siluman didatangkan dari sebuah pangkalan Korps Marinir AS di Jepang.

Armada gabungan tersebut melakukan latihan pemboman, menyimulasikan serangan yang merobek fasilitas kunci lawan di atas Pilseung Range di atas Provinsi Gangwon.

Saksikan video menarik berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gagal Dapat Alexis, City Marah Besar kepada Arsenal

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

Manchester City harus gigit jadi di penghujung bursa transfer musim panas 2017, Kamis (31/8/2017). The Citizens gagal mendapatkan buruan utamanya, winger Arsenal Alexis Sanchez.

Petinggi City awalnya sangat optimistis bisa mendapatkan Alexis pada Jumat 31 Agustus 2017. Demi memiliki pemain 28 tahun itu, Manchester City bersedia membayar 50 juta pound.

Pada Jumat pagi, City yakin Arsenal akan memperbolehkan Alexis pindah karena sudah selangkah lagi mendapatkan penggantinya. Namun memasuki sore hari, komunikasi dengan Arsenal mulai sulit hingga akhirnya Meriam London membatalkan kepindahan eks pemain Udinese itu.

Arsenal tidak jadi melepas Alexis karena gagal mendapatkan Thomas Lemar dari AS Monaco. Lemar ogah pindah ke Arsenal dan lebih ingin gabung Liverpool. Penyebabnya karena Arsenal tak main di Liga Champions.

Sikap Arsenal ini menurut Daily Mail membuat marah City. Padahal City sudah susah payah mendekati Alexis hingga ke negaranya Cile agar bisa menyelesaikan transfer ini sebelum penutupan bursa transfer musim panas 2017.

City diyakini masih akan mencoba mengejar Alexis Januari nanti. Harga Alexis akan semakin menurunkan karena kontraknya bersama Arsenal habis Juni 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Fenomena Aneh Selain Hujan di Tebet, Cuit Ucapan Idul Adha

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

Hujan misterius yang terjadi di Tebet memang bukan fenomena biasa. Betapa tidak, hujan tersebut hanya mengguyur satu rumah tanpa membasahi sekitarnya.

Selain hujan di Tebet tersebut, sesungguhnya hujan misterius lain pernah terjadi di dunia. Malahan, hujan-hujan misterius tersebut tak hanya mencurahkan air belaka dari langit, tapi juga katak, cacing, ikan, bahkan darah.

Artikel tersebut menjadi paling hits dibaca. Selain itu, sebuah video dari seorang cheerleader di SMA yang dipaksa melakukan split berbahaya membuat gempar. Ally Wakefield (13), berteriak "Tolong berhenti!" sembilan kali dalam video berdurasi 24 detik. Di dalam video tersebut, lengan dan kakinya dipegang oleh rekan tim dan pelatihnya, Ozelle Williams.

Sementara sehari menjelang Idul Adha, ucapan Idul Adha atau Hari Raya Kurban mulai meramaikan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain masyarakat muslim di dunia yang bersukacita merayakan momen tahunan tersebut, ternyata warganet juga turut memeriahkannya dengan berbagai kicauan pada akun medsos mereka.

Berikut Top 3 Citizen6 selengkapnya:

1. Selain Hujan di Tebet, Ini 6 Fenomena Alam Misterius Lainnya

Berikut beberapa kejadian metereologi alam langka yang patut diketahui.

Fenomena-fenomena misterius beberapa kali terjadi di alam semesta ini. Seperti hujan di Tebet yang hanya mengguyur satu rumah. Di berbagai belahan dunia, hujan misterius juga terjadi dalam bentuk yang lebih aneh.

Ada hujan katak di Prancis pada tahun 1794. Hujan mayat manusia di AS pada September 1978, hujan ikan di Singapura pada 1861, di Lousiana pada Oktober 1947, dan di Australia pada 2010. Hujan laba-laba di Argentina pada April 2007. Dan masih ada lagi hujan misterius lainnya.

Selengkapnya...

2. Bikin Geram, Maba Dipaksa Lakukan Split Berbahaya oleh Seniornya

Mencegah kejadian tragedi split kembali terjadi, ini cara cegah cedera pada cheerleaders.

Ally adalah seorang siswa yang baru masuk di East High School, Denver, AS. Cheerleader SMA ini dipaksa melakukan split. Lengan dan kakinya dipegang oleh rekan tim dan pelatihnya, Ozelle Williams. Ally berteriak histeris. Videonya beredar dan membuat gempar.

Pihak sekolah dan polisi Denver menyelidiki kasus tersebut. "Kita tidak dapat membiarkan situasi, di mana seorang siswa dipaksa melakukan aktivitas atau latihan di luar kemampuannya," kata pemimpin Denver Public Schools, Tom Boasberg.

Selengkapnya...

3. Ucapan Idul Adha Ramaikan Medsos, Begini Cuitan Warganet

Ribuan umat muslim mendengarkan ceramah usai menjalankan Salat Idul Adha 1438 H di kawasan Pasar Senen, Jakarta, Jumat (1/8). Setelah menjalankan salat umat muslim melakukan penyembelihan hewan kurban. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Ucapan Idul Adha mulai ramai di Twitter pada Kamis 31 Agustus 2017, atau sehari sebelum hari raya. Warganet tampak mulai membanjiri linimasa dengan kicauan ucapan Idul Adha, juga permohonan maaf untuk keluarga, teman-teman dan pengguna medsos.

Tak lupa, warganet juga mencantumkan tagar #IdulAdha untuk memeriahkan momen tersebut di berbagai media sosial. Meski perbincangan tersebut belum menjadi topik yang ramai dibahas, warganet berbondong-bondong memberi ucapan Idul Adha bagi orang-orang tersayang mereka.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sapi Wagyu Jadi Hewan Kurban, Berapa Harganya?

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

Seorang pedagang sapi di Depok Jawa Barat, Haji Doni menjual sapi Wagyu untuk hewan kurban. Sapi tersebut memiliki kualitas yang tinggi sehingga sering dijadikan bahan baku steak di restoran. Lantas, berapa harganya?

Haji Doni mengatakan, sapi Wagyu dijual dengan harga variatif. Harga sapi Wagyu dijual dari harga Rp 50 juta hingga Rp 100 juta.

"Ada yang Rp 50 juta, Rp 60 juta, Rp 70 juta, ada yang Rp 100 juta," kata dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (1/9/2017).

Dia mengaku, tahun ini menjual 18 ekor sapi asal Jepang tersebut. Dia mengatakan, kendati harganya relatif tinggi namun memiliki pasar tersendiri. Lantaran, sapi itu dijual berdasarkan pesanan konsumen.

"Itu spesial, limited cuma orang-orang tertentu yang beli, itu berdasarkan pesananan. Nggak banyak 18 ekor," ungkap dia.

Ditanya siapa saja konsumennya, Haji Doni mengaku tidak hafal. Namun begitu, dia mengaku sapi-sapi itu sudah laku terjual. "Sudah, itu berdasarkan pesanan," tutur dia.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossa Ungkap Tak Mungkin Rujuk dengan Yoyo

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

Meski telah bercerai sejak 2009 silam, demi anak Rossa dan Surendro Prasetyo alias Yoyo masih menjaga hubungan baik. Hingga saat ini mereka masih berkomunikasi dan berbagi tugas mengurus anak mereka, Rizky Langit Ramadhan.

"Jadi kalau misalnya saya sibuk kerja, mas Yoyo yang gantiin saya jagain Rizky di rumah saya. Terkadang kami bertiga juga pergi bareng. Jadi enggak ada batasan waktu lah antara aku dan mas Yoyo sebagai orang tuanya Rizky," kata Rossa, saat ditemui di kawasan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (31/8/2017).

Yoyo Padi, Rossa, dan Rizky (Instagram)

Lantaran jalinan pertemanan mereka masih terbina, belakangan beredar isu bahwa keduanya akan segera rujuk. Kembali lagi menjalani kehidupan sebagai pasangan suami istri.

Saat dimintai keterangannya, pelantun lagu "Tegar" ini membantah. "Enggak lah. Enggak mungkin buat saya untuk bisa rujuk sama mas Yoyo. Sama sekali enggak ada kepikiran untuk hal itu malah," kata Rossa menandaskan.

Mereka berdua, termasuk anak pun menyadari bahwa kemungkinan untuk rujuk tak ada lagi. Rossa dan Yoyo sudah nyaman dengan kehidupan pribadi mereka masing-masing.

"Lagian Rizky enggak pengen sih aku rujuk lagi sama papanya. Dan aku rasa mas Yoyo sendiri amat sangat menyadari hal itu. Ya kami sebagai orangtua buat Rizky tetap jalin komunikasi yang baik," tuturnya.

Yoyo, Rossa dan Rizky Langit Ramadhan buka puasa bersama [foto: instagram/yoyoprasetyo29]

Yang terpenting keduanya tetap menjaga kekompakan untuk mengurus dan menjaga sang anak. "Kami tetap punya hak dan kewajiban yang sama atas Rizky," papar Rossa.

"Rizky sekarang sudah 11 tahun, intinya kami cuma mikirin bagaimana menjadi orangtua yang baik meski sudah tidak bersama lagi. Membesarkan Rizky untuk tumbuh jadi manusia yang bahagia," tutur Rossa.

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenapa Ibu Hamil Sering Ngidam?

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

"Aku mau makan nasi goreng kambing yang itu ya", "Aku mau makan mangga muda malam ini juga" adalah dua dari sekian banyak permintaan ngidam ibu hamil. Jika permintaan mudah dikabulkan tak jadi masalah, tapi kalau sudah aneh-aneh, wah bisa bikin pasangan pusing tujuh keliling.

Menurut dokter spesialis kebidanan dan kandungan, Damar Prasmusinto, fenomena ngidam merupakan hal wajar pada ibu hamil.

Sayang, penyebab pasti ngidam hingga kini tidak diketahui. Namun ada beberapa teori yang menyebutkan ibu hamil ngidam karena perubahan hormon saat hamil. Kadar hormon progesteron yang meningkat membuat asam lambung meningkat sehingga sering kali muncul keinginan makan yang asam-asam.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Selain itu ngidam pada saat hamil dipengaruhi juga dengan meningkatkan peptida opioid endogen (POE) seperti disampaikan dokter Damar jelang Festival Ngidam SGM ditulis Kamis (31/8/2017).

POE terkait dengan morfin di sistem saraf. Saat hamil, terjadi peningkatan POE sehingga membuat ibu hamil cenderung lebih banyak mengidam dibandingkan yang tidak hamil.

Kondisi ngidam seringkali membuat ibu hamil jadi sulit mengontrol keinginan serta melupakan asupan nutrisi seimbang yang harus dipenuhi. Hal ini bisa membuat janin kurang asupan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang.

"Perlu adanya kontrol akan pola konsumsi dan pemahaman tentang nutrisi yang tepat di kala hamil termasuk saat ngidam. Karena ibu adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi si Kecil, sehingga jika ibu sehat, si Kecil juga sehat," kata Damar mengutip rilis yang diterima Health-Liputan6.com.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelajah Wisata 2017 Cara Lain Menikmati Lereng Merapi

Posted: 31 Aug 2017 09:00 PM PDT

 

Merapi memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain panorama yang indah juga keasrian di kawasan lereng Merapi masih terjaga.
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan selain dua potensi wisata yang dimiliki Merapi yaitu budaya dan alam masih ada sport tourism.

Sport tourism adalah kegiatan wisata yang dipadukan dengan kegiatan olah raga, atau berolahraga sambil berwisata, dan sebaliknya. Beberapa event sport siap dan akan dilaksanakan pada tahun ini, baik secara individu maupun bersama-sama dengan stakeholder pariwisata yang lain. Salah satunya melalui jelajah wisata 2017.

"Event Jelajah wisatata 2017 kali ini akan dilaksanakan pada 10 September 2017 dengan start dan finish di Lapangan Tritis, Turgo, Purwobinangun, Pakem dengan menempuh jarak kurang lebih 7 km, dengan melalui sebagaian wilayah Taman Nasional Gunung Merapi," katanya Rabu (30/8/2017).

Sudarningsih mengatakan event ini hasil kerjasama dengan Forkom Desa Wisata dan Balai Taman Nasional Gunung Merapi. Tahun ini mengusung tema Pesona Flora Lereng Merapi. Para peserta Jelajah Wisata akan disuguhi keindahan flora lereng Merapi, seperti anggrek Vanda Tricolor, Dendrobium Mutabile, dan berbagai jenis bambu yang banyak tumbuh di lereng Merapi.

"Cukup dengan membayar Rp 40.000,- peserta akan mendapatkan fasilitas berupa kaos, makan siang, asuransi dan kesempatan memperoleh berbagai door prize menarik. Door prize utama dalam event ini adalah sebuah sepeda motor, dengan dor prize pendamping berupa TV berwarna, kipas angin, sepeda gunung, magiccom, kompor gas, dan puluhan door prize lainnya," Ujarnya.

 Menurutnya bagi warga masyarakat yang berminat dapat mendaftarkan dirinya dengan membawa bukti diri yang masih berlaku ke Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No. 13, Tourist Information Center di Malioboro dan Kaliurang, serta di beberapa desa wisata di kawasan Utara Sleman.

 "Event ini terbuka bagi umum, dengan masa pendaftaran dimulai dari 18 Agustus 2017 yang lalu, dan akan ditutup pada tanggal 5 September 2017," ujarnya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jimly Asshiddiqie Minta Semua Masjid Berdakwah soal Ekonomi

Posted: 31 Aug 2017 08:57 PM PDT

Jimly Asshiddiqie selaku Ketua Badan Pembina Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar menjadi khatib salat Idul Adha di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan.

Dalam ceramahnya, Jumly mengajak umat muslim untuk menguasai bidang perekonomian secara seimbang.

"Pembangunan bangsa Indonesia tidak boleh lagi hanya mengandalkan kuantitas, tetapi juga kualitas, baik kualitas sumber daya manusia dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dan kualitas iman taqwa, serta kualitas penguasaan di bidang sumber-sumber ekonomi secara seimbang," kata Jimly saat menyampaikan khotbah Idul Adha, di Lapangan Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/1/2017).

Jimly mengatakan jumlah penduduk muslim di negeri ini sebanyak 87 persen dari 250 juta jiwa, dan menempatkan Indonesia dewasa ini sebagai negeri berpenduduk mayoritas muslim terbesar di Dunia.

Akan tetapi, kata dia, penguasaan di bidang perekonomian sebaliknya, justru minoritas. "Dari daftar 100 orang terkaya di Indonesia, yang beragama Islam hanya sekitar 20 persen saja," kata dia.

Karena itu, Jimly mengimbau, semua masjid di seluruh Indonesia jangan melupakan dakwah di bidang ekonomi.

"Saatnya masjid memberikan dakwah lebih banyak di bidang ekonomi dan bisnis. Dakwah di bidang ekonomi dan bisnis ini juga mulia karena mampu menggerakkan perekonomian umat," kata dia.

Jimly mengatakan sejarah membuktikan dunia usaha sangat penting bagi umat Islam, peradaban Islam di seluruh dunia berkembang karena peranan dunia usaha.

Para pedagang Arab lah yang pertama kali menyebarkan Islam ke seluruh dunia dengan dukungan pedagang Persia, pada pedagang bangsa Swahili, Afrika, menjadikan Afrika sebagai Benua Islam sampai ke Spanyol.

"Para pedagang Arab dan Gujatan India berhasil mengukuhkan Islam di Asia Tengah, sampai dengan para pedagang Turki menerobos sampai ke kawasan Eropa Timur," kata dia.

Bahkan, Islam berkembang di masa Rasulullah adalah juga karena peranan Siti Khadijah yang adalah keluarga pedagang.

"Keluarga nabi bersama Siti Khadijah inilah yang harus dicontoh, yaitu berdakwah melalui kegiatan bisnis," ujar Jimly.

Sementara, khatib salat Idul Adha di Masjid Istiqlal, Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin meminta agar agama seharusnya menjadi perekat sosial.

"Agama harus jadi perekat sosial. Menjadi driving force konsolidasi, persatuan dan kesatuan bangsa demi terwujudnya cita-cita bangsa dan cita-cita agama," kata Kamarudin dalam khotbahnya.

Khatib juga menyinggung perihal takbir dan tahmid. Keduanya dilantunkan dengan tulus untuk mensyukuri anugerah dan nikmat yang telah Allah berikan kepada manusia.

"Seharusnya menghapus habis rasa kepongahan, benih takabbur dan bibit arogansi karena atribut jabatan, kedudukan dan status sosial yang melekat pada diri kita," lanjut dia.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Masjid Sunda Kelapa Potong 10 Sapi dan 46 Kambing

Posted: 31 Aug 2017 08:50 PM PDT

Petugas bersiap memotong hewan kurban sapi di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Panitia hewan kurban Masjid Sunda Kelapa menerima sebanyak 10 ekor sapi dan 46 ekor kambing untuk dibagikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas bersiap memotong hewan kurban sapi di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Panitia hewan kurban Masjid Sunda Kelapa menerima sebanyak 10 ekor sapi dan 46 ekor kambing untuk dibagikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah domba disiapkan untuk dipotong di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Panitia hewan kurban Masjid Sunda Kelapa menerima sebanyak 10 ekor sapi dan 46 ekor kambing untuk dibagikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sejumlah domba disiapkan untuk dipotong di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Panitia hewan kurban Masjid Sunda Kelapa menerima sebanyak 10 ekor sapi dan 46 ekor kambing untuk dibagikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas membawa daging kambing yang sudah dipotong untuk dibagikan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Daging tersebut akan dibawgikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas membawa daging kambing yang sudah dipotong untuk dibagikan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Daging tersebut akan dibawgikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas mengolah daging hewan kurban yang sudah dipotong di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Daging tersebut akan dibawgikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas mengolah daging hewan kurban yang sudah dipotong di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Daging tersebut akan dibawgikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas mengolah daging hewan kurban yang sudah dipotong di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Daging tersebut akan dibawgikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas mengolah daging hewan kurban yang sudah dipotong di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (1/9). Daging tersebut akan dibawgikan kepada yayasan dan warga. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Jokowi Berkunjung ke Sukabumi Naik Kereta

Posted: 31 Aug 2017 08:48 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan pemerintah akan membangun sejumlah infrastruktur transportasi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat, termasuk jalur ganda kereta api.

"Kenapa saya ke Sukabumi naik kereta? Karena akan dimulai pembangunan jalur kereta api doubletrack Bogor ke Sukabumi," kata Jokowi dalam sambutannya sebelum salat Idul Adha 1438 Hijriah di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jumat (1/9/2017).

Menurut Presiden, pembangunan jalur ganda kereta Bogor-Sukabumi akan dimulai pada 2017 dengan perkiraan dana sekitar Rp 400 miliar. Selain itu, pemerintah juga merencanakan revitalisasi jalur kereta api Sukabumi-Cianjur-Bandung pada 2019.

"Sehingga, artinya arus barang, mobilitas orang, baik dari bandara, baik dari Jakarta, baik dari Bogor ke Sukabumi ini akan semakin cepat. Kemarin sudah kita lihat sangat memungkinkan," kata Jokowi usai salat Id di Masjid Agung Sukabumi, seperti dilansir Antara.

Selain moda kereta api, kata Jokowi, pemerintah berencana membangun bandara perintis di Sukabumi. Namun, pemerintah akan lebih dulu menyurvei lokasi rencana pembangunan bandara tersebut.

Terkait pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi, Presiden menargetkan akan selesai pada dua tahun mendatang. Rencana pembangunan tol itu sudah sejak 1996, tapi selalu terkendala.

"Makannya, tahun lalu saya putuskan diambil alih BUMN dan langsung dikerjakan saat itu," kata Jokowi.

Saksikan video menarik berikut ini:

Hari kedua kunjungan kerja di Kota Sukabumi, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengawali kegiatannya dengan menunaikan salat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Kota Sukabumi.

Dalam keterangan pers Sekretariat Presiden hari ini, setelah salat Id, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berjalan kaki menuju Masjid Agung Sukabumi, untuk menyerahkan hewan kurban.

Turut mendampingi Presiden menunaikan ibadah salat Idul Adha, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Selain menyerahkan hewan kurban ke Masjid Agung, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga akan menyerahkan hewan kurban di Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi.

Sebelum menunaikan salat Jumat, Jokowi akan meninjau koperasi di kawasan Sukaraja, Sukabumi. Siang harinya, Presiden akan mengunjungi Pondok Pesantren Al Masturiyah.

Jokowi bersama rombongan diagendakan kembali ke Istana Presiden pada Jumat sore.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Patah Kaki, Karier Rossi Terancam

Posted: 31 Aug 2017 08:45 PM PDT

Pembalap MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi mengalami kecelakaan parah saat berlatih motorcross di Italia, Kamis (31/8/2017) waktu setempat. Rossi mengalami patah kaki akibat dari kecelakaan tersebut.

Seperti dilansir Marca, Rossi segera dibawa ke rumah sakit setelah kecelakaan itu. Dari diagnosis medis itulah, Rossi diketahui menderita patah tulang fibula kaki kanannya.

"Saya telah mendengar darinya. Kakinya sakit sekali dan Rossi pesimistis. Benar-benar buruk," kata ayah Rossi, Graziano.

Kecelakaan ini tentu saja mengancam kiprah Rossi di MotoGP musim ini. Pembalap berusia 38 tahun itu saat ini sedang berada di peringkat keempat klasemen pembalap sementara.

Rossi hanya punya waktu sembilan hari untuk memulihkan dirinya. Jika tidak, ia dipastikan absen pada balapan MotoGP di Misano, 10 September mendatang.

Bagi Rossi, ini bukan kali pertama ia menderita patah kaki. Juara dunia 10 kali ini pernah mengalami kejadian yang sama pada 2010. Kala itu, Rossi harus absen selama enam pekan.

Balapan MotoGP selanjutnya akan digelar di San Marino. Belum diketahui Rossi bisa tampil atau tidak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bunga Citra Lestari Bicara soal Rahasia Wangi Tubuhnya

Posted: 31 Aug 2017 08:40 PM PDT

Aktris dan penyanyi Bunga Citra Lestari bukan termasuk orang yang suka gonta-ganti parfum setiap hari.

Perempuan yang akrab disapa Unge itu hanya memilih satu jenis wewangian dalam kurun waktu yang panjang sampai teman-temannya kenal betul aroma khasnya.

"Aku cuma pakai satu parfum, enggak koleksi. Biar bau aku sama terus. Aku loyal banget (sama parfum)," ujar Bunga Citra Lestari dalam peluncuran Molto Eau de Parfum Luxury Rose di Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dikutip Antara.

Unge berkisah, teman-temannya saat kuliah hafal betul aroma parfum yang dipakainya sehingga mereka bisa tahu keberadaannya bila mencium aroma khas BCL.

Alasannya setia pada satu wewangian dalam kurun waktu lama tak lepas dari keinginannya untuk mempertahankan ciri khas. Bunga Citra Lestari sudah tahu wangi seperti apa yang dia sukai, rata-rata adalah wangi bunga yang feminin tapi tetap segar.

"Aku senang jadi orang bisa ngeh kalau itu aku, dari bau, penampilan dan suara. Aku senang punya jati diri sendiri," katanya. (Ant)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Libur Hari Raya Idul Adha, Lalu Lintas di Kawasan Glodok Sepi

Posted: 31 Aug 2017 08:37 PM PDT

Suasana arus lalu lintas di kawasan pusat pertokoan Glodok, Jakarta Jumat (1/9). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Suasana arus lalu lintas di kawasan pusat pertokoan Glodok, Jakarta Jumat (1/9). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Glodok Kota, Jakarta, Jumat (1/9). Sesuai ketetepan pemerintah Hari Raya Idul Adha 1438 H pada hari ini merupakan hari libur Nasional dan sejumlah Toko elektronik di Glodok memilih tutup. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Glodok Kota, Jakarta, Jumat (1/9). Sesuai ketetepan pemerintah Hari Raya Idul Adha 1438 H pada hari ini merupakan hari libur Nasional dan sejumlah Toko elektronik di Glodok memilih tutup. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Glodok Kota, Jakarta, Jumat (1/9). Sesuai ketetepan pemerintah Hari Raya Idul Adha 1438 H pada hari ini merupakan hari libur Nasional dan sejumlah Toko elektronik di Glodok memilih tutup. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Glodok Kota, Jakarta, Jumat (1/9). Sesuai ketetepan pemerintah Hari Raya Idul Adha 1438 H pada hari ini merupakan hari libur Nasional dan sejumlah Toko elektronik di Glodok memilih tutup. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Glodok Kota, Jakarta, Jumat (1/9). Sesuai ketetepan pemerintah Hari Raya Idul Adha 1438 H pada hari ini merupakan hari libur Nasional dan sejumlah Toko elektronik di Glodok memilih tutup. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Glodok Kota, Jakarta, Jumat (1/9). Sesuai ketetepan pemerintah Hari Raya Idul Adha 1438 H pada hari ini merupakan hari libur Nasional dan sejumlah Toko elektronik di Glodok memilih tutup. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Kembali Memeriksa Aris Budiman

Posted: 31 Aug 2017 08:35 PM PDT

Polda Metro Jaya kembali memeriksa Direktur Penyidik KPK, Brigjen Pol Aris Budiman. Pemeriksaan terkait laporannya terhadap rekannya di KPK, penyidik senior Novel Baswedan.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (1/9/2017), pria yang kini menjadi sorotan publik karena kehadirannya di Pansus Hak Angket KPK itu mengatakan email yang dikirim Novel Baswedan telah merusak nama baiknya.

Direktur Penyidik KPK ini juga terkejut dengan pembentukan dewan pertimbangan pegawai KPK yang akan bersidang dan menjatuhkan sanksi terhadapnya. Sidang itu terkait kehadirannya di Pansus Hak Angket KPK di DPR.

Dua penyidik KPK, Aris Budiman dan Novel Baswedan, berseteru gara-gara email yang dikirim Novel Ferbuari lalu. Aris menilai email itu telah menjatuhkan nama baiknya.

Aris yang menjabat direkrut di KPK pada 2015 mengatakan, Novel menyebutnya tidak berintegritas dan direktur terburuk sepanjang masa. Kata-kata di email ini yang mendorong Aris melaporkan Novel ke kepolisian.

KPK sendiri berharap perseteruan antara Novel Baswedan dan Aris Budiman bisa diselesaikan secara baik-baik dan internal karena ini merupakan gesekan biasa yang terjadi di setiap organisasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Hewan Kurban Jokowi-JK Disembelih Usai Asar di Istiqlal

Posted: 31 Aug 2017 08:35 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyerahkan dua ekor sapi jenis ongole ke Masjid Istiqlal, hari ini. Sapi dari Jokowi seberat 1,5 ton berusia 8 tahun, sedangkan milik JK seberat 1,3 ton berusia 7 tahun.

Kepala Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, penyembilihan hewan kurban milik Jokowi-JK akan dilaksanakan selepas salat asar. Ini berbeda dengan biasanya.

"Sengaja kami lakukan dengan harapan jam sembilan malam sudah bisa kami bagi-bagikan," ujar Abu di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (1/9/2017).

Penyembelihan sapi di Masjid Istiqlal biasanya dilakukan selepas salat isya. Abu juga berharap masyarakat yang bisa menikmati kurban ini bisa lebih banyak.

"Artinya, daging kurban bisa lebih fresh dibanding kami menyembelih selepas salat isya, itu masyarakat yang menunggu sudah lelah ketiduran," kata dia.

Menurut Abu, panitia kurban Idul Adha Masjid Istiqlal sudah menerima total 53 hewan kurban, yang terdiri dari sapi 27 ekor dan kambing 26 ekor.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunaikan salat Idul Adha 1438 Hijriah bersama masyarakat di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jabar, Jumat. Rombongan kepresidenan berangkat dari penginapan di Sukabumi menuju Lapangan Merdeka pada pukul 06.00 WIB.

Sesampainya di lapangan, Presiden Jokowi segera menyalami beberapa tokoh ulama dan masyarakat Sukabumi, sebelum langsung bergabung di saf terdepan dan melafalkan takbir.

Bertindak selaku imam pada salat Id adalah KH Mahfud Ghozali dan khotib Prof Dr KH Deddy Ismatullah Mahdi.

Sementara itu, Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz menyampaikan sambutan sebelum melaksanakan salat.

"Kami saksikan kegigihan Bapak Presiden melalui kerja bersama dalam membangun infrastruktur di seluruh wilayah NKRI tercinta ini," ujar Muraz seperti dilansir Antara.

Muraz juga mengatakan Kota Sukabumi dengan penduduk 323 ribu jiwa telah menjaga kerukunan, perdamaian dan situasi kondusif. Kota ini pun menjadi tempat yang nyaman untuk bekerja dan mendapat berbagai penghargaan.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Puluhan Aktivis Minta Aris Budiman Dipecat

Posted: 31 Aug 2017 08:34 PM PDT

Puluhan aktivis antikorupsi membawa sejumlah palmflet dan spanduk. Mereka mengecam keras kedatangan Direktur Penyidik KPK, Brigjen Pol Aris Budiman Bulo, ke DPR untuk memberi keterangan kepada pansus hak angket. Sejumlah aktivis mengenakan topeng wajah Aris Budiman.

Seperti ditayangkan Fokus Pagi Indosiar, Jumat (1/9/2017), tindakan Aris dinilai telah melanggar kode etik dan sebagai bentuk pembangkangan terhadap Pimpinan KPK. Karena kedatangan Aris tak mendapat izin pimpinan. Mereka meminta Pimpinan KPK bertindak tegas memecat Aris Budiman. Pimpinan KPK Agus Raharjo dan Saut Situmorang sempat menemui para demonstran.

Sementara itu, Agus Raharjo mengakui Aris sudah diperiksa dewan pertimbangan pegawai atau DPP. Setelah itu Aris juga akan dipanggil pimpinan KPK. Aris diduga melanggar dua hal, yaitu kehadiran di pansus hak angket tanpa izin dan bertemu dengan anggota Komisi III DPR RI. Pimpinan KPK belum memutuskan nasib Aris karena hasil pemeriksaan DPP baru akan keluar pekan depan.

Tanpa izin pimpinan KPK, Aris Budiman, Rabu, 10 Agustus 2017 malam datang ke pansus hak angket dan memberi sejumlah keterangan yang menyudutkan KPK. Di antaranya tentang adanya friksi di tubuh internal KPK. Aris mengaku perselisihan dimulai sejak ia ingin merekrut penyidik dari kepolisian berpangkat AKP dan Kompol, namun ditentang oleh kelompok lain yang menyebut Novel Baswedan merupakan sosok yang berpengaruh pada pengambilan kebijakan pimpinan KPK.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP 2017 Bulan September

Posted: 31 Aug 2017 08:30 PM PDT

Usai balapan seru di Silverstone, persaingan sengit di arena MotoGP 2017 baru akan berlanjut lagi di bulan September. Bulan ini total hanya ada dua seri MotoGP yang kesemuanya digelar di benua Eropa. 

Akhir pekan kemarin pembalap Ducati Andrea Dovizioso merajai GP Silverstone. Pria Italia itu mengungguli dua jagoan Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi.

Kemenangan di Silverstone membuat Davizioso kini memuncaki klasemen pembalap MotoGP 2017. Dia mengoleksi 183 angka, menggusur Marc Marquez dengan keunggulan sembilan poin.

Dovizioso bisa naik ke puncak klasemen karena Marquez gagal finis di Silverstone sehingga tak mendapat poin sama sekali.

Balapan MotoGP selanjutnya akan digelar di Misano, Italia tepatnya 10 September 2017. Adapun seri kedua di bulan September akan dilangsungkan di Aragon, Spanyol.

Dovizioso, Marquez, Vinales dan Rossi diprediksi akan kembali terlibat persaingan ketat di Misano dan Aragon demi menjadi juara dunia MotoGP 2017.

 

Ilustrasi Balapan MotoGP

Jadwal MotoGP 2017 September:

10 September 2017: MotoGP Misano
24 September 2017: MotoGP Aragon

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jose Poernomo Garap Film Horor Ruqyah: The Exorcism

Posted: 31 Aug 2017 08:30 PM PDT

Film horor Indonesia kembali meramaikan layar bioskop Tanah Air. Film Ruqyah: The Exorcism yang dipersembahkan MD Pictures berasosiasi dengan PIC House, akan tayang pada 5 Oktober mendatang.

Ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu, Celine menceritakan kondisinya saat ini di mana usia kandungannya sudah menginjak 7 bulan.  (Instagram/celine_evangelista)

Film yang dibintangi Celine Evangelista dan Evan Sanders itu dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada pertengahan 2012.

Diceritakan, Mahisa (Evan Sanders) ingin menolong Asha (Celine Evangelista) yang merasa diganggu oleh keberadaan makhluk halus. Awalnya, Mahisa tidak percaya akan cerita Asha. Namun, setelah menjadi saksi berbagai kejadian aneh, akhirnya Mahisa berusaha untuk menyelamatkan Asha dari makhluk yang mengusik kehidupannya.

Lewat saran dari seorang ahli agama, Mahisa mendapati bahwa Asha ternyata kerasukan. Ia berniat untuk melakukan sebuah ritual yang disebut mampu melepas Asha dari penderitaannya: ruqyah.

Namun ternyata, apa yang merasuki Asha tidak begitu saja mudah untuk dilepaskan, bahkan mulai menyerang Mahisa. Mampukah Mahisa menolong Asha yang mengalami gangguan semakin parah?

Sutradara film Jailangkung, Jose Purnomo dan Rizal Mantovani (Screenplay Films)

Film ini disutradarai Jose Poernomo, pria di balik film Jailangkung, film libur Lebaran tahun lalu yang mencatat box office dengan ditonton lebih dari 2 juta orang. (Ant)

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi, Presiden Kedua Setelah Sukarno yang Salat Id di Sukabumi

Posted: 31 Aug 2017 08:24 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi merayakan Idul Adha di Sukabumi, Jawa Barat, tahun ini. Pada Idul Adha sebelumnya, Jokowi merayakan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dan Serang, Banten.

Jokowi merupakan presiden kedua yang melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Merdeka, Sukabumi. Pada 65 tahun silam, tepatnya 31 Agustus 1952, Presiden Sukarno juga melaksanakan salat Idul Adha di lokasi yang sama.

Menanggapi hal ini, Presiden Jokowi mengatakan selalu ingin melaksanakan salat Idul Fitri dan Idul Adha di berbagai daerah di Tanah Air. Karena itu, dia menggilir perayaan dua hari raya tersebut.

"Pada tahun ini di Sukabumi untuk salat Idul Adha," ucap Jokowi di Lapangan Merdeka, Sukabumi, Jumat (1/9/2017).

Kunjungan ke Sukabumi kali ini sekaligus dimanfaatkan presiden sebagai kunjungan kerja.

"Sukabumi adalah kota yang berkembang, sudah lama berkembang. Saya datang ke sini juga ingin melihat hal-hal yang bisa kita berikan backup dari pemerintah pusat," kata Presiden.

Turut mendampingi Presiden Jokowi, ada Ibu Negara Iriana Jokowi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, dan Wali Kota Sukabumi Mohamad Muraz.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Video Klip Twice Ditonton 100 Juta View di YouTube

Posted: 31 Aug 2017 08:20 PM PDT

Video klip 'Signal' dari grup K-pop Twice sejauh ini sudah 100 juta view di YouTube.

TWICE

Video yang dirilis 15 Mei lalu itu melewati angka itu Rabu (30/8) malam lalu menjadi video kelima dari Twice yang sudah melewati pencapaian tersebut, kata JYP Entertainment seperti dilansir kantor berita Yonhap.

Twice menghebohkan dunia K-pop sejak debut Oktober 2015. Mulai dari debut "Ooh-Ahh" hingga "Signal", seluruh lima lagu yang sudah mereka rilis telah menempati posisi puncak tangga musik streaming hingga tangga lagu acara musik di televisi Korea Selatan.

Video "Cheer Up" dan TT" hingga saat ini sudah ditonton lebih dari 200 juta view di layanan streaming video global itu.

Netizen ungkap berbagai kemiripan TWICE dengan SNSD. Benarkah ada indikasi penjiplakan konsep?

Grup beranggotakan sembilan orang yang terdiri dari warga negara Korea, Jepang dan Taiwan itu merilis album debut dalam bahasa Jepang Juni silam. Album itu terjual lebih dari 250.000 kopi dalam waktu kurang dari dua bulan dan mendapat platinum dari Asosiasi Industri Rekaman Jepang.(Ant)

 

Simak Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipermalukan Guru Saat Haid, Gadis 12 Tahun di India Bunuh Diri

Posted: 31 Aug 2017 08:18 PM PDT

Menstruasi adalah topik yang tabu di India. Saking tertutupnya, seorang perempuan bisa dihina, dipermalukan, bahkan dikucilkan kala masa menstruasi.

Biasanya, kaum hawa di negara itu menerima nasib atas kodrat mereka. Namun, tak sedikit yang tidak tahan atas perlakukan tersebut dan mengambil jalan singkat: bunuh diri.

Hal itu dialami seorang gadis 12 tahun di India Selatan. Ia memutuskan untuk bunuh diri karena tak tahan kerap dipermalukan gurunya, gara-gara saat menstruasi darahnya tembus mengenai pakaian.

Dikutip dari BBC, Jumat (1/9/2017), dalam surat bunuh dirinya ia menuduh si guru telah "menyiksa".

Meski gadis itu tak menuliskan kapan dia dipermalukan, sang ibu mengatakan putrinya diminta meninggalkan kelas karena noda haid yang menempel di pakaian.

Menstruasi adalah hal tabu di beberapa daerah pedesaan di India. Wanita secara tradisional diyakini menjadi sosok najis selama datang bulan.

Polisi mengatakan tengah menyelidiki penyebab kasus bunuh diri yang terjadi pada Minggu, 27 Agustus, di Distrik Tirunelveli negara bagian Tamil Nadu, India

Surat bunuh diri remaja itu dimulai dengan kalimat, "Amma (Ibu) mohon maafkan aku..."

"Aku tidak tahu mengapa guruku mengeluhkan kondisiku, aku masih tidak mengerti mengapa mereka melecehkan dan menyiksa aku seperti ini," kata siswi malang itu dalam catatan bunuh dirinya.

Ibunya menuduh si guru telah memukul putrinya di suatu kesempatan karena tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya.

"Putriku mendapat menstruasi saat dia di sekolah Sabtu lalu," kata sang ibu kepada BBC Tamil."

"Ketika dia memberi tahu gurunya bahwa ia tengah datang bulan, dia diberi kain lap untuk digunakan sebagai pembalut darah mensnya."

"Guru itu meminta putriku berdiri di luar kelas. Bagaimana mungkin seorang anak berusia 12 tahun menahan penghinaan seperti itu?" ujar sang ibu.

Gadis itu bunuh diri sehari kemudian.

Pihak sekolah mengatakan kepada BBC bahwa pihaknya tengah bekerja sama dengan polisi atas kasus tersebut.

Pada 2015, seorang perempuan India, Nikita Azad, membuat kampanye "Happy to Bleed" -- artinya, "Gembira Mengeluarkan Darah".

Gara-garanya, ia merasa tergganggu dengan ucapan pemimpin Sabarimala yang tersohor di Kota Kerala, India, Prayar Gopalakrishnan, yang mengatakan, "Akan tiba waktunya ketika orang-orang akan bertanya jika semua wanita dilarang masuk kuil selamanya."

Menurut Nikita Azad, tidak ada "waktu yang tepat" bagi wanita untuk masuk ke kuil. Wanita seharusnya punya hak untuk ke mana pun dan kapan pun mereka mau.

Menurut mahasiswa itu, komentar yang dilakukan pandita tersebut memperjelas sikap misoginis dan mitos yang menyelimuti para wanita. Happy to Bleed ini menjadi kampanye untuk menentang perihal tabu terkait menstruasi.

Pengucilan dan pelecehan wanita haid menjadi tradisi di sejumlah negara-negara Asia Selatan. Salah satunya Nepal. Mereka memiliki praktik kuno, chhaupadi, di mana perempuan yang sedang menstruasi atau baru melahirkan dianggap "kotor" dan harus diasingkan.

Praktik tersebut telah dilarang pemerintah Nepal pada 2005, namun masih dilakukan di desa-desa terpencil.

Masyarakat di sana yakin, mereka akan mengalami kemalangan seperti bencana alam jika ada perempuan yang sedang haid atau nifas hidup di antara mereka. Saat diasingkan, kaum hawa itu tak boleh makan makanan yang biasa mereka asup. Minum susu juga terlarang.

Dalam sejumlah kasus, para perempuan dan gadis berbagi tempat bernaung dengan hewan ternak lengkap dengan kotoran mereka -- di gubuk atau kandang yang letaknya jauh dari desa.

Di beberapa kasus ditemukan para perempuan yang tengah haid itu tewas. Penyebabnya ada yang digigit ular, ada pula yang gubuknya terbakar karena menyalakan api untuk menghindari rasa dingin, tapi malah membakar tempat "pengasingan" tersebut.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Cuma Desain, Ada Standar Sirkuit MotoGP yang Wajib Dipenuhi

Posted: 31 Aug 2017 08:17 PM PDT

Rencana Indonesia menjadi tuan rumah gelaran MotoGP musim 2018 harus pupus. Pasalnya, promotor MotoGP, Dorna, justru menunjuk negara tetangga Thailand sebagai tuan rumah kejuaraan balapan tersebut mulai 2018-2020.

Otoritas olahraga motorsport Thailand, Sakon Wannapong, dan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menandatangani kerja sama di Bangkok, Thailand, pada Kamis (31/8/2017).

Arena balap yang digunakan adalah Chang International di Buriram, Thailand, 392 km dari Ibu Kota Bangkok. Chang International Circuit memiliki trek sepanjang 4.554 meter serta 12 tikungan. Sirkuit yang dirancang oleh Hermann Tilke ini mengeluarkan biaya hingga Rp 740 miliar.

Untuk menentukan sebuah trek balap layak digunakan untuk sebuah balapan kelas dunia, Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) membuat semacam buku pedoman yang dinamakan FIM Standards for Circuits. Dokumen ini diperbarui tiap tahun demi menyesuaikan dengan berbagai keadaan.

Sebagaimana disebutkan dalam bagian Object, otoritas "bisa menggunakan standar ini sebagai panduan awal untuk pembangunan sirkuit baru". Standar FIM ini mulai berlaku pada 1 Januari 2017.

Dalam dokumen yang dilihat Kamis (31/8/2017), ada 15 bab aturan yang terdiri dari masing-masing pembahasan. Khusus soal trek balapnya diatur dalam "article 4 - circuit design". Bab ini terbagi dalam 11 sub bab, seperti ketentuan soal layout sirkuit dan tikungan.

"Unsur-unsur dalam artikel ini dimaksudkan untuk membantu desain trek dasar. Agar trek dapat homologasi dari FIM disarankan agar semua poin yang dijelaskan di sini diikuti. Apakah trek akan mendapat lisensi A atau B ditentukan berdasarkan beberapa poin wajib," tulis aturan itu.

Mari kita bahas sekilas.

Pertama soal layout. Dalam dokumen ini tidak diatur bagaimana trek sebaliknya. Namun pakemnya adalah ia harus punya lebar minimal 12 meter, di mana pada starting grid lebarnya minimal 14 meter. Sementara panjangnya di antara 3,5 kilometer sampai 10 kilometer, dengan jumlah tikungan minimal 10.

Lalu kemiringan atau "gradien transversal". Pada trek lurus kemiringan harus disesuaikan agar waktu hujan tidak ada air yang menggenang. Sistem drainase juga harus baik, menjamin tidak ada genangan air di trek, pitlane, tepi trek, bahkan area run off.

Trek lurus minimal harus 250 meter. Garis start minimal harus ada 200 meter sebelum tikungan pertama. Untuk sirkuit tingkat A, panjang minimal trek adalah 400 meter, dan garis start minimal sebelum tikungan pertama jaraknya harus tidak kurang dari 250 meter.

Soal kerb, atau bagian samping sirkuit yang berwarna warni yang dipakai pembalap sebagai batasan racing line mereka, harus dibuat minimal 12 meter, di mana bagian awal dan akhirnya berbentuk segitiga dengan warna putih. Trek juga harus dilengkapi dengna verges dan area run off.

Untuk lebih jelasnya, buka tautan berikut.

Desain Sirkuit Jakabaring rancangan Hermann Tilke yang rencananya mulai dibangun pada 2017 untuk menyelenggarakan MotoGP pada 2018 dan F1 pada 2019. (Istimewa)

Dengan masuknya Thailand dalam agenda tahunan MotoGP, harapan Indonesia yang menginginkan melihat Marc Marquez, Valentino Rossi dan pembalap lainnya berlaga di Tanah Air, pupus.

Kebijakan Dorna untuk menentukan tempat balapan memang penuh pertimbangan, mengingat Palembang yang kabarnya akan menjadi lokasi kejuaraan masih jauh dari persiapan matang.

Sebaliknya dengan Thailand, mereka memiliki sirkuit yang sudah mendapatkan sertifikat tinggi dari FIA (Federasi Balap Mobil) dengan grade 1 dan FIM (Federasi Balap Motor) grade A.

Sebelumnya, selain Sirkuit Jakabaring, Indonesia juga berencana membangun arena balapan sekelas MotoGP di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, ada juga sirkuit yang telah direncanakan dibangun sebagai pesaing Jakabaring, yakni di Lido, Jawa Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patrialis dan Wali Kota Tegal Salat Idul Adha di Tahanan KPK

Posted: 31 Aug 2017 08:16 PM PDT

Para napi korupsi dan tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Tenis Kompleks Pomdam Jaya Guntur. Mereka salat dengan pengawalan petugas KPK.

"Salat Id kita laksanakan di lapangan POM AD Guntur pukul 05.30 WIB, tahanan sudah kami arahkan ke Guntur," ujar Humas KPK dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (1/9/2017).

Salat Idul Adha di Pomdam Jaya Guntur Jakarta Selatan turut diikuti warga sekitar. Salat Idul Adha baru dimulai pada pukul 07.05 WIB.

Pantauan Liputan6.com, setelah melaksanakan salat Idul Adha, para tahanan saling bertegur sapa kemudian berjalan dengan iringan petugas KPK.

Ada belasan tahanan KPK yang melakukan salat Idul Adha di Kompleks Rutan Guntur antara lain, Gubernur nonaktif Bengkulu Ridwan Mukti yang memakai baju koko putih serta istrinya Lili Maddari.

Ada pula terdakwa sekaligus mantan hakim Mahkamah Konstitusi Patrialis Akbar yang memakai baju batik, tersangka suap auditor BPK Rochamdi Saptogiri dan Ali Sadli, dan Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno.

Selain itu, Bupati nonaktif Buton Samsu Umat Abdul Saimun yang memakai baju koko putih, Panitera Pengganti PN Jakarta Selatan Tarmizi, serta terdakwa kasus megakorupsi e-KTP Irman dan Sugiharto, pun ada.

Setelah salat Idul Adha, belasan tahanan KPK meninggalkan lapangan Pomdam AD Guntur dan kembali ke rutan dengan menggunakan mobil tahanan KPK.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Brasil Libas Ekuador 2 Gol Tanpa Balas

Posted: 31 Aug 2017 08:15 PM PDT

Tim Nasional Brasil menang 2-0 atas Ekuador dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Conmebol, di Arena do Gremio, Jumat (1/9/2017). Gol Tim Samba dilesakkan Paulinho dan Philippe Coutinho.

Paulinho membuka keunggulan Brasil pada menit 69. Umpan akurat Willian mampu dikonversikan Paulinho menjadi gol dengan tendangan kaki kanan.

Coutinho yang baru masuk di babak kedua sukses menggandakan keunggulan Tim Samba. Bola hasil tendangan kaki kanan Coutinho pada menit ke-76 melesat mulus masuk ke dalam gawang Ekuador.

Ekuador mencoba bangkit di sisa waktu. Namun, hingga peluit akhir dibunyikan, usaha mereka tak membuahkan hasil. Skor tetap 2-0 untuk keunggulan Brasil.

Hasil ini membuat posisi Selecao di puncak klasemen sementara kian tak tergoyahkan. Brasil yang telah memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018, kini mendulang 36 poin, unggul 16 poin atas Ekuador di peringkat ketujuh.



Susunan Pemain

Brasil (4-3-3): 1-Alisson; 2-Dani Alves, 3-Miranda (14-Thiago Silva 46'), 13-Marquinhos, 12-Marcelo; 5-Casemiro, 15-Paulinho, 8-Renato Augusto (11-Philippe Coutinho 59'); 9-Gabriel Jesus, 10-Neymar, 19-Willian (20-Luan 84').

Ekuador (4-4-2): 1-Maximo Banguera; 19-Cristian Ramirez, 3-Robert Arboleda, 21-Gabriel Achilier, 15-Pedro Quinonez; 9-Fidel Martinez (20-Marcos Caicedo 79'), 4-Pedro Velasco, 6-Christian Noboa, 5-Fernando Gaibor (7-Juan Cazares 73'); 16-Antonio Valencia, 13-Enner Valencia (8-Felipe Caicedo 73').

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: