Rabu, 02 Agustus 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Pengusaha Ingin Proyek Rp 100 M Bisa Digarap Kontraktor Lokal

Posted: 02 Aug 2017 09:48 PM PDT

Badan Pengurus Pusat Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (BPP Gapensi) tengah memperjuangkan agar proyek pemerintah di bawah Rp 100 miliar tidak lagi digarap Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sebelumnya, batas nilai proyek pemerintah yang tidak boleh digarap perusahaan negara atau perusahaan besar adalah kurang dari Rp 50 miliar.

"Kalau dulu hanya Rp 50 miliar, sekarang kita diskusikan dengan pemerintah sebesar Rp 100 miliar ke bawah," ujar Sekjen BPP Gapensi Andi Rukman Karumpa di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Andi mengatakan, penerapan aturan menteri tentang pelarangan pelaksanaan proyek di bawah Rp 50 miliar oleh BUMN sukses mendorong kapasitas pelaku usaha kontraktor lokal. Dengan dasar ini, sudah saatnya pelaku usaha lokal diberi kepercayaan lagi lebih besar untuk menggarap proyek-proyek menengah bahkan besar.

Andi menambahkan, peningkatan ini merupakan bagian dari upaya asosiasi dan pemerintah dalam membina dan memperbesar pelaku-pelaku usaha kecil menengah (UKM) kontraktor di daerah.

"Capacity building mereka meningkat dan daya saing mereka pelaku UKM konstruksi ini harus terus kita perkuat, agar mereka mampu bersaing dengan yang besar-besar bahkan dari luar negeri di pasar bebas Asean ini," papar Andi.

Sebelumnya, perusahaan BUMN dilarang menggarap proyek konstruksi pemerintah di bawah Rp 50 miliar. Tujuannya untuk membuka kesempatan kepada pengusaha daerah untuk menjadi pelaku usaha di daerahnya sendiri. Selain itu, kesepakatan antara Kementerian PUPR dan Kementerian BUMN ini ditujukan mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektifitas daerah.

Meski demikian, Andi mengakui pangsa pasar konstruksi nasional masih dikuasai oleh segelintir perusahaan besar. "Yang besar-besar tidak banyak tapi dia kuasai 87 persen pangsa pasar. Sedangkan kontraktor lokal dan kecil-kecil hanya 6 persen," ujar Andi.

Sebab itu, guna memperkecil kesenjangan pasar tersebut, kemitraan antara kontraktor kecil dan menengah dengan pengusaha besar harus ditingkatkan, selain membatasi nilai proyek bagi usaha besar dan BUMN.

"Kesenjangan ini harus segera diperpendek dengan regulasi sesuai dengan Nawacita. Tujuannya, untuk meningkatkan kemitraan antara kecil, menengah berupa kesempatan join operation dengan penyedia jasa kualifikasi dengan yang besar," pungkas Andi.

Upaya mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektivitas daerah, pemerintah saat ini membutuhkan dana sebesar Rp 5.500 triliun. Namun pemerintah meminta peran aktif sektor swasta dalam pembangunan tersebut sebab pemerintah hanya sanggup menyediakan sebesar 20 persen.

"Melihat perkembangan yang cukup positif dari kemampuan pelaku-pelaku konstruksi daerah, maka porsi kepercayaan pemerintah kita usulkan ditingkatkan," ujar Andi.

Pada 2017, pemerintah mengalokasikan total belanja infrastruktur  secara nasional sebesar Rp 387 triliun dan sebesar Rp 101,4 triliun  dikelola oleh Kementerian PUPR. Kementerian PUPR melakukan pelelangan dini sejak tahun lalu dan hasilnya hingga Januari 2017 sebanyak 2.768 paket telah terkontrak dengan nilai Rp 41,4 triliun.

Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manchester United Ungguli Sampdoria di Laga Persahabatan

Posted: 02 Aug 2017 09:46 PM PDT

Manchester United menutup tur pramusim mereka dengan menang tipis 2-1 atas Sampdoria di Dublin, Kamis (3/8) dinihari WIB. The Red Devils unggul cepat lewat sontekan Henrik Mkhitaryan pada menit ke-9.

Il Samp menyamakan skor pada menit ke-63 ketika Dennis Praet melepaskan tendangan keras mendatar yang tak mampu dijangkau oleh penjaga gawang David De Gea. Juan Mata memastikan kemenangan dengan sepakan akurat di menit 81. Pekan depan, Setan Merah menghadapi Real Madrid di Piala Super Eropa. BallBall

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Striker Anyar Persib Berpeluang Dimainkan Lawan PS TNI

Posted: 02 Aug 2017 09:45 PM PDT

Kompetisi Liga 1 akan memasuki putaran kedua. Evaluasi dan berbagai persiapan sudah dilakukan tim peserta, termasuk Persib Bandung.

Carateker pelatih Persib, Herrie Setyawan, berharap komposisi pemainnya segera lengkap untuk mengarungi putaran kedua Liga 1. Bahkan, Herrie pun minta striker rekrutan anyar segera bergabung sebelum pertandingan perdana.

Persib akan mengawali laga pertama putaran kedua menghadapi PS TNI. Laga ini akan digelar di Stadion Jalak Harupat, Sabtu (5/8/2017).

Herrie mengatakan, pemain anyar yang namanya belum mau disebutkan itu, pasti akan membutuhkan adaptasi, baik cuaca, latihan, dan suasana tim.

Herrie pun ingin mengetahui bagaimana kondisi pemain anyarnya itu. "Harapannya tentu secepatnya datang," kata Herrie.



Jika segera datang dan dapat mengikuti latihan, bukan tak mungkin Herrie memutuskan pemain tersebut diturunkan melawan PS TNI, akhir pekan ini.

Sementara itu, Persib akan kehilangan dua pemain bintangnya saat menjamu PS TNI. Dua pemain tersebut adalah Supardi dan Vladimir Vujovic.

Nama pertama harus absen lantaran sedang menjalani ibadah haji sedangkan Vujovic mendapat sanksi akibat ulah tidak terpujinya ketika menghadapi Persija Jakarta beberapa waktu lalu.

Pelatih sementara Persib Bandung, Herrie Setyawan (Liputan6.com / Okan Firdaus)

Herrie Setyawan mengatakan meski tanpa kedua pemain tersebut, tim berjuluk Maung Bandung memiliki pelapis yang cukup baik dan bisa menjadi tumpuan di sektor pertahanan.

Herrie menegaskan dalam pertandingan nanti dia menargetkan kemenangan. Hasil buruk pada putaran kedua diharapkan bisa terhenti sehingga posisi Persib bisa beranjak dari posisi papan bawah klasemen Liga 1.

"Kami harus memulai untuk beranjak karena tidak ada putaran ketiga, tidak bisa menunggu lagi sudah masuk putaran kedua jadi harus total dan maksimal. Kami harus memenangkan pertandingan," kata Herrie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun Emas ASEAN, Menlu dari 27 Negara Hadir di Filipina

Posted: 02 Aug 2017 09:43 PM PDT

Menteri luar negeri dari 27 negara berkumpul di Manila dalam ASEAN Foreign Ministers' Meeting (AMM). Pertemuan tersebut akan diadakan di Philippine International Convention Center (PICC) dari 2 hingga 8 Agustus 2018.

Selain AMM ke-50, sejumlah pertemuan yang akan dilakukan adalah ASEAN Plus Three (APT) dan East Asia Summit (EAS), baik tingkat pejabat tinggi (Senior Officials' Meeting, SOM) maupun menteri luar negeri (Foreign Ministers' Meeting, FMM), serta ASEAN Regional Forum (ARF) ke-24.

Seperti yang disebutkan dalam siaran media ASEAN 50, Menteri Luar Negeri Filipina Alan Peter S. Cayetano, akan memimpin AMM Plenary dan Retreat, APT FMM ke -18, EAS FMM ke-24, dan ARF Plenary dan Retreat.

Kesepuluh Menteri Luar Negeri ASEAN, juga akan mengadakan pertemuan secara individual dengan 10 Mitra Wicara ASEAN pada Post Ministerial Conferences (PMC).

Sepuluh Mitra Wicara ASEAN adalah Australia, Kanada, China, Uni Eropa, India Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, Rusia, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan di Manila, ASEAN juga akan merayakan hari jadinya yang ke-50 tahun. Perayaan tersebut akan diadakan di Philippines International Convention Center (PICC) pada 8 Agustus 2017.

Di bawah kepemimpinan Filipina untuk ASEAN pada tahun ini, tema yang diusung adalah 'Partnering for Change, Engaging the World'.

Dengan tema tersebut, para menteri akan mengutamakan peninjauan kemajuan dan arah masa depan dalam upaya membangun masyarakat ASEAN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gerindra: Kami Hormati Semua Partai, Termasuk PDIP

Posted: 02 Aug 2017 09:43 PM PDT

Gerindra menegaskan, pernyataan Arief Poyuono soal PDIP bukanlah sikap partai. Meski Arief merupakan Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, pernyataannya tidak mewakili partai.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra bidang Politik Fadli Zon menyayangkan tindakan Arief.

Menurut dia, Gerindra selalu menghormati dan berusaha menjaga hubungan baik dengan semua partai politik. Sekalipun dengan PDIP yang merupakan lawan Gerindra pada Pilpres 2014.

"Meski berkompetisi secara elektoral, Gerindra menganggap PDIP juga partai-partai lainnya sebagai mitra dalam berdemokrasi. Sebagai mitra, tentu ada fatsun (sopan santun) yang harus dijaga dalam berkomunikasi, dan kami menjunjung tinggi hal itu," ujar Fadli melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Dia mengatakan kejadian ini mendapat perhatian khusus dari Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. "Ketua umum kami, Pak Prabowo sangat memperhatikan kasus yang seharusnya tak perlu terjadi ini," lanjut Fadli Zon.

Prabowo, lanjut dia, menyampaikan pesan agar persoalan ini diklarifikasi dan jangan sampai mengganggu hubungan kelembagaan antara Partai Gerindra dengan PDIP. Sebagai partai oposisi, pokok kritik Gerindra tidak pernah menunjuk ke individu atau organisasi. Kritik Gerindra ditujukan kepada kebijakan.

Kritik Gerindra, lanjut dia, selalu dilontarkan berdasar data dan tidak asal bicara.

"Kritik pun didasarkan pada data dan fakta yang akurat, bukan karena benci atau dendam. Justru karena cinta pada NKRI. Itu sebabnya kami juga sangat menyayangkan pernyataan saudara Arief. Partai akan menegur yang bersangkutan terkait persoalan ini. Ia harus mempertanggungjawabkan ucapannya," Fadli menjelaskan.

Permohonan Maaf

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menyampaikan permohonan maaf kepada Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan para kadernya terkait pernyataan 'Wajar PDIP disamakan dengan PKI'. Ia mengungkapkannya dalam secarik kertas yang ditandatangani di atas meterai Rp 6.000.

"Bersama ini terkait pemberitaan di beberapa media massa yang menyebutkan pernyataan saya yang mengatakan, WAJAR SAJA KALAU PDIP SERING DISAMAKAN DENGAN PKI KARENA MENIPU RAKYAT, dengan ini saya mengklarifikasi bahwa saya tidak bermaksud mengatakan bahwa PDIP adalah PKI dan menipu rakyat," demikian surat Arief yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Selasa 1 Agustus 2017.

Dia menegaskan, sebagai partai yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, PDIP bukanlah PKI. Terlebih dalam programnya selalu mengedepankan kemakmuran masyarakat.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: SNSD Meriahkan Countdown To Asian Games 2018

Posted: 02 Aug 2017 09:42 PM PDT

Indonesia resmi menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pesta olahraga se-Asia ini akan digelar di Jakarta dan Palembang. Untuk menyambut perhelatan akbar olahraga ini, panitia menyiapkan acara Countdown to Asian Games 2018 yang diisi oleh artis-artis nasional dan bakal dimeriahkan oleh SNSD. 

Girlband asal Korea Selatan ini dipilih langsung oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Selain bertalenta, menurut Triawan, SNSD punya daya tarik se-Asia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Kembali Joget, Istri Caisar Galau

Posted: 02 Aug 2017 09:40 PM PDT

Kembalinya Caisar berjoget bukan lagi isapan jempol. Cowok yang pernah dikenal sebagai Raja Joget itu kembali tampil di panggung goyangnya di sebuah acara variety show, Rabu (2/8/2017).

Mengenakan pakaian serba putih, Caisar kembali menggila dengan goyangan khasnya. Padahal, sebelumnya Caisar sempat memutuskan untuk berhijrah mendalami agama dan berjualan baju serta buku bertopik Islam.

Sejak sepekan lalu, kabar kembali berjogetnya Caisar sempat santer di media sosial. Hashtag #SaveCaisar pun menjadi popular. Ditambah lagi, sang istri, Indadari, terlihat galau dengan mengunggah beberapa kata-kata bijak yang ditujukan kepada Caisar.

Indadari pun mengisyaratkan agar sang suami tetap konsisten dengan keputusannya berhijrah.

‎"Ya muqolibal qulub tsabit qalbi ala dinika..(wahai Tuhan yang membolak-balikan hati, tetapkan hati kami pada agama-Mu)" tulis Indadari disertai emote menangis.

Bukan cuma itu, Indadari pun menyertakan sebuah video yang menceritakan tentang perjuangan orang yang berhijrah. Di akhir keterangan video, mantan istri Lucky Hakim itu juga meneruskan video tersebut kepada Caisar.

"Sabar.. Sabar sedikit lagi dalam berhijrah dan berusaha istiqamah.. sabar.. sabar sedikit lagi.. sampai kita memasuki surga dimana tidak akan ada lagi kesedihan, tdk akan ada lagi ujian, dan kita tersenyum dan sama2 berkata "alhamdulillah akhirnya kita sampai juga disini.." tuturnya.

"Semua terjadi atas izin Allah.. Keep Smile.. Semoga kita bertemu kembali di jalan hijrah selanjutnya," Indadari mengakhiri. (Ras)

 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Uji Rudal Korsel Menembus Bungker, Keren Mana Dibanding Korut?

Posted: 02 Aug 2017 09:39 PM PDT

Kurang dari sepekan pasca-Korea Utara melakukan tes rudal antarbenua (ICBM) teranyarnya, tetangga mereka, Korea Selatan, dikabarkan melaksanakan uji coba misil.

Uji coba misil yang dilakukan Korea Selatan itu diduga sebagai bentuk unjuk gigi demi mengantisipasi ancaman rudal tetangga di Utara.

Dalam sebuah rilis rekaman video yang menunjukkan latihan militer dan uji coba persenjataan bersama dengan Amerika Serikat, misil Negeri Ginseng itu secara akurat sukses menghancurkan target. Demikian seperti yang dilansir dari Daily Mail, Kamis (8/3/2017).

Uji coba misil bernama Hyunmoo II itu digadang-gadang sebagai komponen kunci untuk mengantisipasi kemungkinan serangan rudal Korea Utara, demikian menurut Juru Bicara Kepresidenan Korea Selatan.

Tes Hyunmoo II itu dirancang sebagai sebuah simulasi operasi penyerangan terhadap target bungker bawah tanah. Rekaman video juga menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi dari misil Hyunmoo II. Roket berhulu ledak itu tepat mengenai titik pusat sasaran bungker.

Setelah tepat menyentuh sasaran, misil itu kemudian sukses melakukan penetrasi ke bawah tanah serta membuat bungker yang menjadi target terbakar dan meledak.

Simulasi itu dilakukan kurang dari 24 jam setelah Angkatan Udara Amerika Serikat dilaporkan melakukan uji coba peluncuran misil balistik antar-benua (ICBM) di California, tepi barat AS, pada Rabu pagi waktu setempat. Tes peluncuran misil tak berhulu ledak itu dikabarkan sukses.

Misil jenis LGM-30 Minuteman III diluncurkan pada 02.10 pagi waktu setempat di North Vandenberg Air Force Base, Lompoc, California. Demikian seperti yang dilansir dari ABC News, Rabu 12 Agustus kemarin.

"Meski bukan sebagai respons terhadap aksi Korea Utara, uji coba itu menunjukkan bahwa persenjataan AS efektif dan siap untuk membalas serta mempertahankan AS beserta sekutunya dari berbagai bentuk serangan," jelas sebuah rilis resmi dari US Air Force.

Kedua tes yang terjadi dalam waktu berdekatan itu dilakukan kurang dari sepekan pasca-uji coba ICBM Hwasong-14 Korea Utara pada Jumat pekan lalu dan seakan menunjukkan bahwa seluruh peristiwa saling bertautan satu sama lain.

Apalagi, pada uji coba Jumat pekan lalu, Pyongyang mengklaim bahwa Hwasong-14 mampu mencapai setidaknya kawasan tepi Barat daratan AS, seperti Alaska atau California.

"Kami tidak berniat untuk meruntuhkan Korut. Namun, jika mereka terus menunjukkan ancaman, kami akan merespons hal itu. Mereka juga harus memahami bahwa kami bersedia untuk melakukan dialog," ujar Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson pada kesempatan dan waktu yang terpisah.

"Akan tetapi, dialog itu tidak akan terlaksana, jika persenjataan misil dan nuklir mereka masih ada," ia menambahkan.

Rudal Made in Korsel

Tentara militer K-9 Korea Selatan melakukan demonstrasi howitzer di dekat perbatasan dengan Korea Utara, Paju, Korsel (5/7). Sebelumnya pihak Korut telah melakukan tes rudal yang dinilai memicu ancaman untuk Korsel. (AP Photo / Ahn Young-joon)

Pada Sabtu 29 Juli 2017, pemerintah Korea Selatan mengumumkan tengah berdiskusi dengan Amerika Serikat, guna membahas potensi dan kemungkinan bagi Negeri Ginseng untuk memproduksi misil berdaya ledak besar milik sendiri. Gagasan itu ditujukan untuk menghadapi ancaman rudal Korea Utara yang dianggap semakin nyata bagi AS - Korsel.

"Kita harus aktif mempertimbangkan segala kemungkinan untuk memanfaatkan kekuatan militer kita untuk menghadapi ancaman Korea Utara," kata Presiden Moon Jae-in dalam sebuah rapat darurat dewan keamanan nasional yang membahas isu rudal Korut, Sabtu 29 Juli 2017, sehari pasca-tes rudal Hwasong-4 Pyongyang.

Penasihat keamanan nasional Korea Selatan, Chung Eui-yong dikabarkan menelepon Penasihat keamanan Gedung Putih HR McMaster pada Sabtu pagi waktu Seoul. Sambungan telepon itu ditujukan sebagai langkah negosiasi Korsel agar AS dan sekutunya mengizinkan Negeri Ginseng memproduksi misil berdaya ledak besar.

Menurut laporan, McMaster menyetujui proposal yang diajukan oleh Chung Eui-yong. Diprediksi, Negeri Paman Sam akan mendistribusikan pasokan bahan baku untuk memproduksi misil ke Negeri Ginseng dalam waktu dekat.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Sabina Katya VD Main Saur Sepuh The Series

Posted: 02 Aug 2017 09:38 PM PDT

Nama Sabina Katya VD memang masih terdengar asing di telinga pecinta sinetron Tanah Air. Wajar saja, Saur Sepuh The Series memang sinetron pertama yang dimainkan oleh gadis 19 tahun ini.

Sabina Katya VD mengawali karier sebagai seorang atlet Wushu. Kepiawaiannnya bermain pedang membuat peraih medali perak dalam kejuaraan Wushu nasional, membuatnya didapuk berperan sebagai Mantili.

Saat ditawari bermain sinetron kolosal ini, Sabina mengaku sangat senang. Apalagi, ia sudah tertarik dengan dunia peran sejak kecil. Dan sang adik sudah lebih dulu terjun ke dunia akting. 

Serunya, dalam sinetron yang akan dimainkan ini Sabina bisa mengeksplor kemampuan Wushu nya.

"Aku kan punya kemampuan Wushu, dan aku ngerasa kalau di sinetron ini aku bisa eksplor kemampuan aku itu. Soalnya banyak adegan berantemnya kan, Terus aku juga lihat adik aku kayaknya enjoy banget di dunia ini," ungkapnya, saat ditemui Liputan6.com di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (2/8/2017).

Walaupun sudah piawai dalam martial art, bukan berarti ia tak mengalami kesulitan saat melakukan adegan berkelahi dalam Saur Sepuh The Series .

"Waktu awal aku sedikit kesulitan soalnya aku belum terbiasa melihat ke kamera. Terus kalau akting itu kan kita melakukan martial art dengan mendalami karakter. Nah, itu beda sama kalau latihan atau pertandingan Wushu biasa," lanjutnya.

Saur Sepuh adalah judul sandiwara radio yang pernah kondang di era 1980-an, kemudian diadaptasi menjadi Saur Sepuh The Series. Legenda di Tanah Jawa ini bercerita tentang perjalanan seorang pendekar sakti bernama Brama Kumbara (Samuel Zylgwyn) yang kelak menjadi pemimpin di salah satu kerajaan. Saur Sepuh The Series akan tayang perdana pada pertengahan Agustus 2017 di SCTV.

 

Simak video menarik di bawah ini :

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Belanja Online, Pilihlah Ponsel Dengan Sistem ini

Posted: 02 Aug 2017 09:37 PM PDT

Saat ini banyak orang lebih menyukai belanja online ketimbang harus tata muka dengan si penjual. Pasalnya, cara itu dibilang lebih efisien karena bisa memangkas waktu, tidak kena macet saat menuju ke lokasi dan harga relatif sama.

Terlebih lagi, para pecinta belanja online hanya membutuhkan ponsel atau smartphone untuk melakukan transaksi. Maka dari itu seiring gaya hidup masyarakat, teknologi ponsel pun semakin canggih.

Walaupun belanja online cukup memberikan kenyamanan pada sebagian orang, Namun ada juga sejumlah orang yang masih kurang percaya karena tidak yakin dengan keamanan saat belanja online.

Tentu sebagian orang tersebut setuju bahwa keamanan memang selalu menjadi hal yang paling penting, terutama ketika ada kegiatan transaksi uang terlibat.

Maka dari itu, produsen Advan membuat ponsel canggih untuk memberikan keamanan saat Anda berbelanja online. Dengan berbagai fitur yang bisa digunakan melindungi Anda dari pencurian saat menggunakan ponsel untuk bertransaksi.

Namun, untuk mengetahui lebih dalam mengenai ponsel tersebut, Berikut beberapa manfaat Advan G1 Pro dalam membantu Anda belanja online.

Jangan belanja di sembarang situs

Perlu diketahui, sebagian orang yang terkena penipuan atau pencurian identitas terjadi ketika melakukan transaksi dengan situs yang kurang kredibel. Dari situlah pencurian data pribadi ponsel bahkan riwayat transaksi online Anda bisa diketahui oleh si pencuri.
Antarmuka fitur XLocker di smartphone Advan G1 Pro.

Hal itu menjadi alasan mengapa Anda harus lebih teliti terhadap situs belanja online. Pastikan situs tersebut terkenal dikalangan masyarakat dan dapat dipercaya. 

Pada Advan Gi Pro, sebenarnya hal itu bisa dicegah. Pasalnya, ponsel tersebut menerapkan fitur Privacy System. Apa itu?

Fitur tersebut memberikan 'ruang rahasia' bagi Anda yang ingin menyembunyikan beberapa aplikasi penting pada ponsel. Melalui dialer plate, hanya pemilik yang bisa mengakses aplikasi dan file pribadi pada ponsel. Selain itu, fitur itu mampu mengkamuflase nama dan kontak pada ponsel. Bahkan panggilan masuk atau SMS kontak pribadi akan ditampilkan sesuai dengan pengaturan penyamaran.

Pastikan situs Terenkripsi SSL

SSL (Secure Socket Layer) adalah alat yang memberikan privasi ketika Anda memberikan informasi dalam sebuah situs web. Anda dapat memberitahu bahwa sebuah website memiliki enkripsi SSL jika URL dimulai dengan HTTPS.
Selain itu, ada juga akan menjadi ikon gembok terlihat tepat di samping URL di address bar atau di bagian bawah status bar tergantung pada jenis browser yang Anda gunakan.

Tak hanya lihai melihat situs terenkripsi SSL, Advan juga menyematkan fitur Enkripsi Data pada ponsel Advan G1 Pro. Pada fitur itu mampu melindungi data pengguna melalui sistem enkripsi dengan password. Jadinya, segala data yang terkirim hanya bisa dibuka oleh penerima yang dituju. Tentu, smartphone akan lebih aman dari peretasan.

Lindungi ponsel Anda

Tak hanya menyisipkan malware pada aplikasi dalam ponsel, pencurian data atau transaksi online bisa juga terjadi karena ponsel ada di tangan seseorang. Bisa jadi teman dekat atau keluarga.

Dari situ Advan G1 Pro juga dilengkapi oleh fitur XLocker. Fitur itu mampu memberikan perlindungan ganda pada ponsel. Ya, fitur tersebut akan mengamankan perangkat dengan mengunci aplikasi menggunakan sidik jari, kata sandi, dan scan wajah.

Advan G1 Pro.

Uniknya, fitur itu bisa menguak pencuri atau seseorang yang jahil mau membuka akses ponsel Anda. Caranya, ponsel tersebut akan memotret 'siapa saja' yang sengaja membuka ponsel Anda. jadi, Anda bakal mengetahui 'mereka' yang kerap jahil.

Jadilah bijaksana

Saat bertansaksi online Anda bakal diminta untuk mengisi sebuah data pribadi sebagai pembeli. Akan tetapi informasi itu seharusnya hanya terbatas pada nama, alamat, nomor kontak, dan usia.

Anda tidak harus memberikan rincian pribadi lainnya yang akan terkait dengan transaksi tersebut karena ini dapat memberikan kesempatan orang mencuri identitas Anda.

Nah, bijaksana dalam saat memberikan info data pribadi bijak pula dalam meminjamkan ponsel kepada seseorang. Sejatinya pencurian data tak hanya saat Anda belanja online, namun saat Anda meminjamkan ponsel kepada seseorang, bisa saja orang tersebut mengetahui username bahkan kata sandi Anda hanya melalui email pada ponsel.

Maka dari itu, Advan G1 Pro memberikan ruang lain yaitu fitur Guest Mode. FItur itu membuat data pribadi aman pada ponsel Anda. Fitur aplikasi ini pengguna bisa dengan tenang dan aman meminjamkan ponsel ke orang lain.

Keamanan yang diberikan Advan G1 Pro berkat sistem operasi IDOS (Indonesia Operating System) 6.1. Salah satu keunggulan dari IDOS ialah mampu memproteksi data pembayaran saat bertransaksi online dengan mengenkripsi data pengguna ponsel.

Untuk info lebih lanjut klik tautan ini.

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuntut Keterbukaan Bonus, 650 Pekerja JICT Mogok Kerja

Posted: 02 Aug 2017 09:35 PM PDT

Jakarta International Container Terminal (JICT) lumpuh total akibat mogok pekerja yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Sebagian besar atau lebih dari 650 pekerja yang merupakan 95 persen dari keseluruhan pekerja melakukan aksi mogok di area lobi kantor pelabuhan petikemas terbesar di Indonesia tersebut. 

Sekretaris Jendral Serikat Pekerja (SP) Jakarta International Container Terminal M Firmansyah menjelaskan, aksi mogok didahului penutupan pelabuhan dan sweeping oleh Direksi JICT pada pukul 03.00 WIB dini hari tadi. Padahal pekerja mulai mogok pada pukul 07.00 WIB.

Sempat terjadi aksi adu mulut karena Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok melarang karyawan melakukan absensi. Padahal karyawan yang mogok harus absen sesuai ketentuan Undang-Undang.

"Serikat Pekerja menyayangkan aksi menghalang-halangi tersebut. Patut dipertanyakan apa kapasitas Otoritas Pelabuhan melarang pekerja absen?" jelas dia dalam keterangan tertulis, Kamis (3/8/2017).

Mogok kerja dilakukan karena dampak dari Perpanjangan Kontrak JICT yang menurut Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melanggar aturan.

Uang sewa ilegal perpanjangan kontrak JICT yang telah dibayarkan sejak 2015 telah berdampak terhadap pengurangan hak pekerja sebesar 42 persen. Padahal pendapatan JICT meningkat 4,6 persen pada 2016 dan biaya overhead termasuk bonus tantiem Direksi serta komisaris meningkat 18 persen.

Pendapatan tahunan JICT sebesar Rp 4 triliun diduga menjadi incaran investor asing untuk memperpanjang JICT dan melakukan politisasi gaji pekerja.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Kelas Utama Tanjung Priok, I Nyoman Gede Saputra, mengaku pemerintah sudah memiliki rencana darurat (contingency plan) untuk mengatasi mogok pekerja JICT. 

"Sebagaimana perintah Menteri Perhubungan dan Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk tetap menjaga kelancaran arus barang dan kapal, maka Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok telah menyiapkan rencana darurat, seperti pengalihan pelayanan jasa kepelabuhanan JICT ke terminal internasional lain yang juga berada di Pelabuhan Tanjung Priok," ujar Nyoman.

Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, New Port Container Terminal 1 (NPCT-1), Terminal MAL, dan Terminal Peti Kemas Koja akan membantu pelayanan jasa kepelabuhanan selama mogok kerja tersebut terjadi.

"Prinsipnya, Pelabuhan Tanjung Priok siap menerima pengalihan jasa kepelabuhanan JICT akibat adanya mogok kerja. Pengalihan tersebut telah dimulai pada 31 Juli 2017 ketika JICT menyerahkan operasional peralatannya ke TPK Koja untuk pengoperasian 300 meter dermaga utara JICT yang bisa diperpanjang menjadi 720 meter jika diperlukan," ujar Nyoman.

Begitu juga dengan pelayanan kapal raksasa yang selama ini ditangani oleh JICT sementara akan dialihkan ke terminal Internasional lainnya bila terjadi mogok kerja.

Dia menuturkan, pemerintah selalu siap dan hadir dalam setiap permasalahan nasional yang terjadi. Oleh sebab itu, pelaku usaha tidak usah khawatir akan terjadi penghentian kegiatan jasa kepelabuhanan akibat adanya mogok kerja SP JICT.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fitriani ke Perempat Final Selandia Baru Open

Posted: 02 Aug 2017 09:32 PM PDT

Fitriani menjadi wakil Indonesia pertama yang meraih tiket perempat final Selandia Baru Open Grand Prix Gold 2017. Tunggal putri unggulan kedua ini menyingkirkan Britney Tam dari Kanada di North Shore Events Centre, Auckland, Kamis (3/8/2017) pagi WIB.

Menghadapi Britney di babak kedua Selandia Baru Open, Fitriani cuma butuh waktu 26 menit untuk menang 21-7 dan 21-15. Hasil ini membuat Fitriani unggul 2-0 dalam rekor pertemuannya dengan Britney.

Di perempat final, Fitriani masih menunggu pemenang antara tunggal putri Indonesia, Yulia Yosephine Susanto, dan Yen Mei Ho dari Malaysia. Sementara itu, Putri Sekartaji gagal lolos ke perempat final lantaran mengundurkan diri saat bertemu Yaxin Wei. Ia mundur saat tertinggal 7-15 di game kedua setelah kalah 8-21 pada game pertama.

Sedangkan di nomor ganda campuran, sudah dua wakil Indonesia yang lolos ke perempat final. Mereka adalah Ronald / Annisa Saufika dan Edi Subaktiar / Gloria Emanuelle Widjaja.

Menghadapi pasangan Australia, Simon Wing Hang Leung / Tiffany Ho, di babak kedua Selandia Baru Open, Ronald / Annisa menang 21-7 dan 21-6. Sedangkan Edi / Gloria menumbangkan wakil Tiongkok, Chen Sihang / Yuting Xia, dengan skor 21-14 dan 21-10.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Seruan Jangan Pilih Calon Kepala Daerah Pemaku Pohon

Posted: 02 Aug 2017 09:32 PM PDT

Maraknya perilaku para bakal calon (balon) kepala daerah di Cirebon yang memasang spanduk dengan memaku pohon di sepanjang jalan menuai reaksi keras dari Badan Lingkungan Hidup (LH) Jawa Barat.

Kepala Badan LH Jabar Anang Sudarna menyerukan kepada masyarakat untuk tidak memilih calon pemimpin daerah yang tidak peduli terhadap lingkungan, termasuk memaku pohon yang masih hidup.

"Ini bukan berarti saya berpihak kepada partai atau salah satu bakal calon yah. Tapi ini bagian dari kampanye kami tentang lingkungan hidup," kata Anang, Rabu, 2 Agustus 2017.

Menurut Anang, jika seorang pemimpin pada setiap tingkatan baik kepala desa maupun presiden tidak peduli lingkungan, dia dinilai tidak peduli dengan kehidupan.

Anang menegaskan memaku pohon demi kepentingan popularitas masuk dalam kategori merusak lingkungan. Maka itu, dia meminta para balon kepala daerah di Cirebon maupun di Jawa Barat agar menertibkan pendukungnya untuk tidak merusak pohon atau lingkungan sekitar.

"Omong kosong kalau mereka peduli lingkungan nyatanya para pendukung masih tetap memasang paku di pohon. Jangan dipilih," kata Anang.

Di sisi lain, Anang memaklumi geliat Pilkada Serentak 2018 sudah banyak dilakukan. Namun, dia menyarankan agar para pendukung agar tidak membawa atribut kampanye yang berdampak kepada perusakan lingkungan.

"Minimal kalau mau nempel di pohon jangan dipaku, cukup diikat tali tambang saja atau beli sendiri bambunya dipasang di dekat pohon yang ada di jalan. Pokoknya jangan merusak," ujar dia.

Menyikapi geliat para balon menghadapi pilkada serentak tersebut, Anang mengaku sudah mengirim surat edaran kepada parpol yang ada di Jawa Barat. Terutama, partai politik yang dipastikan akan ikut dalam Pilkada bersama.

"Kami sudah surati parpol, tidak tahu lagi kalau gubernurnya, karena mungkin masih ewuh pakewuh. Tapi, kalau saya bukan orang politik atau parpol dan yang penting surat sudah keluar dan kami meminta parpol mengedukasi anggotanya untuk tidak merusak lingkungan," ucap dia.

Saksikan video menarik di bawah ini:




Maraknya perilaku balon kepala daerah yang menempelkan spanduk di pohon juga disorot para aktivis lingkungan di Cirebon. Ketua Sanggar Lingkungan Hidup (SLH) Cirebon Cecep Supriyatna mengaku akan segera mencopot paksa jika dinas yang terkait tidak segera bertindak.

"Gerakan kami sporadis tidak terencana yang pasti kalau masih ada spanduk politik atau apapun di pohon dan merusak lingkungan kami copot paksa," kata Cecep.

Menurut Cecep, kondisi tersebut menunjukkan rendahnya perhatian dan pengetahuan para bakal calon kepala daerah tentang lingkungan. Cara kampanye konvensional seperti itu, ujarnya, secara visual mengganggu estetika kota.

"Kalau tidak salah, KPU juga melarang pemasangan alat peraga kampanye, seperti foto di fasilitas sosial dan umum. Hemat saya, para balon ini seharusnya mempunyai metode kampanye yang lebih komunikatif dan inovatif, selain cara-cara konvensional seperti itu," ucapnya.

Dia juga menyerukan agar masyarakat Cirebon tidak memilih balon yang memasang spanduk atau alat peraga kampanye lain yang merusak lingkungan.

Hingga saat ini, terpantau masih banyak tim sukses bakal calon yang tega memaku pohon dan memasang spanduk agar calonnya bisa dikenali warga. Padahal, tindakan mereka masuk kategori merusak lingkungan.

Para bakal calon di Cirebon memasang spanduk dengan pose tersenyum. Terpampang pula nama jelas figur yang bakal maju di pilkada dengan sederet gelarnya menghiasi ruas-ruas jalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

148 WNA Sindikat Penipuan Dideportasi dengan 2 Penerbangan

Posted: 02 Aug 2017 09:32 PM PDT

Sebanyak 148 Warga Negara Asing (WNA) sindikat kejahatan siber penipuan pejabat asal China dan Taiwan dideportasi ke negara asalnya melalui Bandara Soekarno-Hatta. Akan ada dua kali penerbangan menggunakan pesawat China khusus mengangkut ratusan tersangka tersebut.

Wadirkrimum Polda Metro Jaya AKBP Didik Sugiarto menyampaikan, mereka ditandai menggunakan dua pita dengan warna berbeda. Merah untuk penerbangan pertama dan hijau untuk penerbangan kedua.

"Itu untuk kita kelompokkan di dalam kelompok pesawat. Kan ada dua pesawat yang informasi kita terima bahwa mereka dikirim menggunakan dua penerbangan," tutur Didi di Mapolres Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jawa Barat, Kamis (3/8/2017).

Pantauan Liputan6.com, serah terima 148 WNA antara Polda Metro Jaya dengan pihak Kepolisian China dilakukan di Mapolres Bandara Soekarno-Hatta. Mereka dibawa menggunakan lima bus pariwisata besar dan langsung dibawa bandara usai penyerahan simbolik.

Seluruh WNA sebelumnya diamankan di Aula Sabara Polda Metro Jaya. Mereka dibagi mengenakan tiga warna kaos sebagai pembeda lokasi penangkapan.

WNA tersangka kejahatan siber dipulangkan ke China dan Taiwan (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Sindikat yang dibekuk di Jakarta ada sebanyak 29 orang memakai kaos warna oranye. Kemudian tangkapan di Bali 32 orang dengan kaos merah muda, dan Surabaya 92 orang dengan mengenakan kaos biru. Sementara 5 orang yang merupakan Warga Negara Indonesia asal Bali, dipisahkan dari lainnya.

Selain menggunakan kaos, mereka juga diminta mengenakan pita yang diikat di lengan kiri sebagai penanda lainnya.

Tim gabungan Bareskrim Polri dan Polda Metro Jaya mengungkap kejahatan penipuan melalui telepon atau phone fraud. Tiga lokasi di Indonesia menjadi markas para pelaku melakukan kejahatannya adalah Surabaya, Jakarta, dan Bali.

Penangkapan pelaku tersebut juga merupakan kerja sama dengan kepolisian China.

WNA tersangka kejahatan siber dipulangkan ke China dan Taiwan (Liputan6.com/ Nanda Perdana Putra)

Sindikat ini berasal dari China dan Taiwan. Modusnya, dengan menggunakan data-data nasabah bank di China dan Taiwan, sindikat itu menghubungi para korban yang merupakan pejabat di China dan Taiwan. Lalu mereka menyamar seolah-olah dari instansi penegak hukum di negara tersebut.

Para sindikat itu ada yang berpura-pura sebagai polisi, jaksa atau petugas bank. Kemudian mereka mengatakan kepada korban, bahwa si korban sedang diselidiki karena terkait kasus pidana.

Setelah para korban ketakutan, lalu para sindikat penipu ini meminta sejumlah uang untuk ditransfer kepada mereka. Tujuannya untuk menghentikan kasus pidana yang seolah-olah sedang mereka lakukan.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kazakhstan Siap Serahkan Posisi di DK PBB untuk Indonesia

Posted: 02 Aug 2017 09:31 PM PDT

Dalam perayaan 25 tahun terbinanya hubungan diplomatik Indonesia-Kazakhstan, Duta Besar Kazakhstan Askhat T. Orazbay menyatakan siap mendukung RI dalam pencalonan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Perwakilan tidak tetap Asia-Pasifik dalam DK PBB saat ini diduduki oleh Kazakhstan. Negara itu akan mengakhiri tugasnya pada 2018 mendatang.

Menurut Orazbay Indonesia merupakan negara yang pantas menduduki tempat yang akan ditinggalkan Kazakhstan. Ada beberapa alasan kenapa negara di Asia tengah itu tak ragu memberikan suaranya pada RI.

"Kami tahu Indonesia adalah salah satu negara yang sedang mempromosikan diri jadi anggota tidak tetap DK PBB periode selanjutnya," ucap Orazbay, di Hotel Borobudur, Jakarta Kamis (3/8/2017).

"Jika Indonesia berhasil, yang mana kami sangat harapkan terjadi, kami akan dengan senang hati menyerahkan posisi kami ke Indonesia karena kita memiliki kesamaan visi dan misi," papar dia.

Direktur Asia Tengah dan Selatan Kementerian Luar Negeri Ferdy Piay menyampaikan apresiasi atas pemberian dukungan dari Kazakhstan terhadap pencalonan Indonesia.

"Kazakhstan juga salah satu negara yang dukung kita di DK PBB juga. Dia sangat berharap kita bisa hand over (keanggotaan dari kita)," papar Ferdy.

Dia menambahkan, momen pemberian dukungan serta perayaan terbentuknya hubungan diplomatik merupakan permulaan untuk memperkuat hubungan diplomatik. Pasalnya, Kazakhstan dinilai Indonesia sebagai negara punya potensi besar di kawasan Asia Tengah.

"Kazakhstan GDP-nya cukup besar, negara paling kaya di kawasannya. Kenapa penting, Karena mereka proaktif," sebutnya.

"Kita lihat Kazakhstan open. Kerjasama kita akan lebih ke bidang energi," kata tambah Ferdy.

Pada 2016, nilai perdagangan dua arah kedua negara sebesar US$ 22,1 juta. Dengan defisit bagi Indonesia sebesar US$ 7,769 juta.

Namun, nilai perdagangan meningkat pesat pada Januari-Mei, 2017. Di waktu tersebut tercatat nilai perdagangan sebesar US$ 21 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Kualitas, Apple Tambah Kapasitas Penjajal Aplikasi

Posted: 02 Aug 2017 09:30 PM PDT

Sebelum merilis aplikasi, biasanya pengembang akan merilis versi beta untuk dijajal oleh pengguna.

Di iOS, tersedia aplikasi bernama TestFlight yang memungkinkan pengguna alias si tester untuk menggunakan aplikasi sebelum resmi dirilis.

Baru-baru ini, Apple menambah kapasitas tester dari 2.000 menjadi 10.000 orang. Langkah ini merupakan bentuk dukungan Apple kepada para pengembang. Sebelum diambil alih Apple, aplikasi di TestFlight hanya bisa dicoba oleh 100 tester saja.

Sejak saat itu, kapasitas tester terus bertambah hingga sekarang. Apple mengatakan langkah ini dilakukan untuk menghasilkan aplikasi yang lebih berkualitas.

Untuk ikut serta dalam TestFlight, pengembang akan mengirim email undangan kepada tester untuk mencoba aplikasi beta. Setelah itu, pengembang membuat sejumlah grup yang terdiri dari beberapa tester. Pengembang bisa membagikan lebih dari 100 aplikasi di waktu bersamaan.

Setelah mencoba, pengguna bisa memberi saran dan masukan mengenai apa saja yang harus dibenahi oleh pengembang.

(Theofilus Ifan Sucipto/Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Crutchlow Ingin Manfaatkan Beban Marquez dan Pedrosa

Posted: 02 Aug 2017 09:30 PM PDT

Tekanan besar yang diberikan Honda Racing Corporation (HRC) kepada Marc Marquez dan Dani Pedrosa bisa dimanfaatkan Cal Crutchlow sebagai peluang untuk mencetak kemenangan perdananya di MotoGP musim ini. Pembalap Yamaha Tech3 itu berharap bisa memberikan capaian terbaik dan melakukan 100 persen selama balapan akhir pekan.

"Saya pikir harapannya adalah untuk menang saat saya bisa. Saya tahu pasti ada tekanan lebih besar pada Marc dan Dani untuk menang daripada saya. Tapi saya pikir tekanan yang akan diberikan HRC kepada saya mungkin memiliki jumlah yang sama dengan yang saya berikan pada diri saya," kata Crutchlow seperti dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (3/8/2017).

"Jadi saya akan mencoba yang terbaik dan selalu melakukan 100 persen pada balapan hari Minggu nanti," ujar Crutchlow.

Crutchlow saat ini tengah berada di Republik Ceko untuk menjalani balapan pembuka putaran kedua MotoGP akhir pekan ini. Pembalap asal Inggris itu adalah juara bertahan di Sirkuit Brno.

Sebagai juara bertahan, Crutchlow tentu ingin mempertahankan prestasi tersebut. Apalagi dia memiliki pengalaman yang bagus pada mesin motor Honda. Inilah salah satu keuntungan besar buat pembalap yang dikenal dengan julukan The Dog.

"Kadang saya tidak selalu pembalap tercepat dan saya tidak selalu mendapatkan hasil terbaik, tapi sepertinya saya mengerti motornya dengan baik. Jika saya menjalani tes, saya bisa melakukan lima putaran dengan satu lap tercepat dan biasanya langsung mengerti," jelas Crutchlow.
.
"Kita harus ingat bahwa keempat pembalap Honda saat ini hanya pernah menunggangi Honda. Dani dan Marc sangat cepat dan sangat baik dalam menguji motor, tapi mereka juga mencari hasil dan jalannya sendiri." (David Permana)

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Agustus Ada Sawahlunto Internasional Songket Carnival 2017

Posted: 02 Aug 2017 09:30 PM PDT

Sawahlunto Internasional Songket Carnival 2017 atau biasa disebut SISCa 2017, sebentar lagi bakal digelar. Perhelatan berlevel internasional itu akan berlangsung dari tanggal 25 hingga 27 Agustus 2017 mendatang di Sawahlunto, Minangkabau.

Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, menjelaskan bahwa acara yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini diadakan berdasarkan kecintaan masyarakat Sawahlunto dengan kain songket.

"Kami laksanakan lagi karena semangat kami menumbuh kembangkan rasa cinta dan bangga akan Songket Silungkang. Kami gelar sebagai pemicu semangat penenun untuk terus berkreativitas dengan tradisi turun temurun nenek moyang nagari Silungkang. Ini poin yang kami usung," ujar Ali.

Dia melanjutkan, perhelatan yang pernah menyabet rekor MURI untuk peserta dengan songket terbanyak pada tahun 2015 ini sangat dinantikan oleh masyarakat lokal Sawahlunto maupun wisatawan yang berkunjung ke sana dengan penuh antusias.

"Kali ini kami mengusung tema Heritage for Sustainability, event ini kami harapkan (dapat) mendulang kesuksesan serta berdampak positif secara maksimal terhadap perekonomian masyarakat lokal Sawahlunto," ucap Ali.

Wisatawan nantinya akan disajikan puncak acara karnaval atau arak-arakan yang menampilkan kreativitas desain dengan bahan utama Songket Silungkang. Kata Ali, event yang termasuk sebagai 10 nominator Festival Pariwisata Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 ini diharapkan benar-benar dapat mengangkat nama Songket Silungkang di pentas nasional maupun Internasional.

Ragam acara yang akan diadakan selama 3 hari tersebut antara lain Pameran Songket Internasional (25-27 Agustus 2017), Fashion Show Cilik (25 Agustus 2017), SISCa Night (26 Agustus 2017), Konferensi Songket Nusantara (26 Agustus 2017), Karnaval Songket Silungkang (27 Agustus 2017).

"Penuh warna dan penuh atraksi," ujar Ali.

Selain itu, Ali juga menginformasikan, jika sobat wisata berminat mengikuti SISCa 2017, mereka dapat menghubungi tim yang akan menyambut para wisatawan, yakni Nofriadi 081277864810, R. Ady Negoro 081372394801, Wulandary 085375018585 dan Suci R 081261050964.

Sekadar informasi, Songket Silungkang dibuat secara tradisional. Alat yang digunakan sebagian besar masih memanfaatkan tenaga manusia. Hal ini justru menjadi keunikan tersendiri karena pengrajin bisa melakukan modifikasi beragam motif songket dan warna sesuai dengan keinginan pembeli.

Warna paling dominan yang digunakan adalah merah dan hitam. Sementara itu, songket modifikasi saat ini sudah kaya akan warna, seperti hijau dan biru. Tak hanya warna, motifnya pun sudah banyak mengalami penyesuaian agar terlihat modis dengan model masa kini.

Songket merupakan produk tekstil yang telah dikenal sebagai warisan budaya. Songket dikenal bukan hanya karena keindahan kilau benang emas dalam berbagai motif yang unik saja, melainkan juga karena fungsi sosialnya sebagai alat kelengkapan kostum tradisional.

Salah satu jenis songket yang memiliki sejarah panjang adalah Songket Silungkang dari Sumatera Barat. Songket Silungkang dikenal sebagai sebuah produk peradaban bernilai tinggi yang diminati oleh banyak wisatawan dan telah menjadi salah satu sumber ekonomi yang menopang kehidupan masyarakat dan pariwisata Sawahlunto.

"Saya berharap Silungkang dapat terus menjadi inspirasi, tak hanya menjadi objek budaya, tetapi juga dapat menjadi sumber kreasi terutama bagi para desainer dan pelaku industri sehingga dapat memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya festival ini, Pemanfaatan kekayaan budaya lokal, seperti songket, dalam industri akan mengangkat nama Indonesia karena keunikan dan keunggulannya. Selamat dan sukses untuk acara SISCa 2017," ucap Menteri Pariwisata, Arief Yahya.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Picu Mimpi Buruk

Posted: 02 Aug 2017 09:30 PM PDT

Tidur memang baik bagi kesehatan tubuh. Waktu tidur yang cukup minimal 7 jam per malam membuat tubuh kembali berenergi. Jika tidur dalam rentang waktu lama lebih dari 9 jam, Anda berisiko mimpi buruk.

Laporan ini didapat dari sebuah penelitian di Oxford University, Inggris. Para peneliti mengatakan, mimpi buruk terjadi pada tahap rapid eye movement (REM)--gerakan mata cepat pada kondisi normal tidur.

Bila Anda menghabiskan waktu lebih lama untuk tidur, Anda berarti melewati tahap REM lebih banyak--siklus tidur yang tidak normal.

Sebaiknya kurangi waktu tidur jika Anda tidak ingin mengalami mimpi buruk. Anda bisa tidur antara 7-9 jam per malam, saran peneliti.

"Semakin lama kita tidur, gerakan mata lebih cepat (dreaming sleep). Artinya, risiko alami mimpi buruk jadi lebih besar," kata salah satu peneliti, Dr Bryony Sheaves, psikolog klinis penelitian di Oxford's Sleep and Circadian Neuroscience Institute, dikutip dari Independent Online, Kamis (3/8/2017).

Tim melakukan survei pada 846 orang berusia 18-77 tahun. Hasil menunjukkan 45 persen individu mengalami setidaknya satu mimpi buruk dalam dua minggu sebelumnya.

Peneliti memeriksa, apa yang memengaruhi frekuensi mimpi buruk. Faktor dilihat dari durasi tidur, konsumsi alkohol, dan intensitas olahraga.

Durasi tidur termasuk faktor risiko terbesar yang menyebabkan mimpi buruk. Studi ini dipublikasikan di jurnal Social Psychiatry and Psychiatric Epidemiology pada 1 Agustus 2017.

 

Simak video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Foto Masa Remaja, Dewi Perssik Dinilai Awet Muda

Posted: 02 Aug 2017 09:30 PM PDT

Tak ada yang menyangkal kecantikan biduan dangdut Tanah Air, Dewi Perssik. Sosok yang kini tengah sibuk menjadi pengisi sebuah acara televisi ini baru saja membuktikan wajahnya tak berubah sejak remaja hingga kini.

Berkat unggahan foto masa remaja Dewi Perssik di akun Instagram @dewiperssikreal, komentar positif langsung mengalir kepada sosok yang juga getol berakting ini. Fotonya di masa SMA bersama teman-temannya, membuatnya dinilai awet muda oleh warganet.

(Liputan6.com/Rommy Ramadhan)

"Makasih fotonya sayang2 aku..ini kami berempat dulu masih sekolah SMA.. 17 thn usia kami difoto ini.. saya yg pake rok mukena putih..., mrk lg nyantai dirumah saya...selalu bersama, makan, tidur, main dan saling curhat...we miss u kesayangan ❤," tulis Dewi Perssik sebagai keterangan fotonya, Rabu (2/8/2017).

Dalam fotonya sendiri, Dewi Perssik sedang duduk berempat dengan teman-temannya. Tangan kirinya terlihat sedang ia angkat, sementara tangan kanannya menggenggam tangan temannya yang ada di sebelah kirinya.

Dewi Perssik dan kawan-kawannya di masa remaja. (@dewiperssikreal)

Pujian dari warganet dilontarkan kepada Dewi Perssik salah satunya datang dari @zanaangie, "Dari dulu sampai sekarang tetap cantik. Awet muda kak @dewiperssikreal." Warganet lain juga menilai hal yang sama, "Awet muda mam.. Mukanya gtu2 aja ga berubah.."

Selain pujian, beberapa juga memberikan doa kepada Dewi Perssik agar tetap sehat dan awet muda. "Kok gga berubah yaa,,photo 17 thn sama yg skrg sama... Mudaa teruuuss nii @dewiperssikreal sehat selalu yaaa," tulis @astriie.ting93.

Simak juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menginspirasi, Pemuda Berhasil Singkirkan 3 Ton Sampah dari Laut

Posted: 02 Aug 2017 09:30 PM PDT

Garis pantai Albania merupakan salah satu garis pantai tercantik dan unik di wilayah bagian barat Blankan. Perkambangan insfrastruktur di wilayah tersebut hanya selama beberapa tahun, sedangkan perkembangan wilayah pantinya berkembang cepat.

Seiring dengan banyaknya hal positif, pemandangan alaMenginspirasi, Pemuda Ini Berhasil Singkirkan 3 Ton Sampah dari Pantaim yang indah pun mulai tercemar. Banyak juga wisatawan yang kurang menghargai lingkungan yang indah dan juga masih perawan.

Dengan berakhirnya musim panas, Organisasi Ecovolis (sistem berbagi sepeda di Blankan), akademi pertama aktivitas lingkungan hidup di Albania, 200 pemuda dan pelajar motivasi Albania berkumpul di Jal Camp untuk mengurus mengenai kegiatan pembersihan pantai.

 

Dalam waktu dua hari, mereka berhasil mengumpulkan tiga ton sampah di Gjipe Canyon dan sekitar pantai Jal. Kurang lebih satu ton sampah yang berasal dari bawah laut. Aksi pengumpulan sampah bawah laut di pimpin oleh Ened Mati, Kreator dari Ecovolis, dan juga penyelam dari aktivis lingkungan hidup Albanian.

Dengan kerja keras dalam waktu singkat tersebut, ternyata membuat pantai Albani kembali indah dengan pemandangan alam yang ciamik. Aksi tersebut bahkan akan berlanjut di pantai lainnya, hingga tahun depan sepanjang garis pantai Albanian sebelum berakhirnya musim panas 2017.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Ingin Punya Rumah Stop Beli Barang-barang Seperti ini!

Posted: 02 Aug 2017 09:29 PM PDT

Bagi sebagian orang, punya rumah sendiri adalah salah satu impian terbesar dalam hidup. Boro-boro ditabung buat DP rumah, pendapatan bulanan seringkali habis hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tambah lagi memang tidak mudah untuk menyeimbangkan  antara keinginan dan kebutuhan.

(Baca juga: Pendidikan Tinggi Tak Menjamin Punya Rumah Sendiri!)

Terkadang hati ingin berkata tidak, namun godaan diskon atau ajakan teman kerap membuat goyah. Akhirnya Anda pun membeli barang-barang atau menghabiskan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak perlu ketimbang menyimpannya untuk membeli rumah.

Namun tidak ada kata terlambat untuk mengelola uang secara bijak. Perilaku hemat bisa dimulai dengan mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu penting. Selama satu atau dua tahun, usahakan menyisihkan uang untuk pengeluaran yang tidak penting, simpan untuk membeli rumah baru.

Lalu pengeluaran apa saja yang bisa dihemat? Simak lima hal yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini!

1. Gawai Terkini

Kemajuan teknologi memang acapkali menggoda sehingga banyak orang gonta-ganti gawai setiap keluar produk terbaru. Padahal harganya jutaan bahkan mencapai puluhan juta rupiah. Selain ponsel pintar, produk kamera juga semakin beraneka ragam, mulai dari action cam, kamera 360, dan kacamata VR (virtual reality).

Jika Anda terus mengikuti perkembangan zaman, maka Anda tidak akan pernah puas dan membuat pengeluaran semakin membengkak. Belum lagi jika Anda harus membeli perangkat lunak berbayar yang menekan bujet bulanan menjadi lebih besar.

2. Paket Liburan

Generasi millenial menjadi salah satu kelompok usia yang paling senang menghabiskan uangnya untuk berlibur. Destinasi populer yang ada di dalam dan luar negeri pun menjadi daftar kunjungan wajib yang tentu saja akan menguras isi tabungan.

Selain mendapat pengalaman, traveling dianggap sebagai aktivitas pencarian jati diri dan (yang terpenting) koleksi foto yang instagramable. Padahal, untuk satu kali perjalanan lokal dengan waktu rata-rata tiga hari, Anda harus siap mengeluarkan kocek setidaknya satu juta rupiah.

Bayangkan jika beberapa jadwal liburan ditunda hingga dua tahun lamanya? Rekening tabungan Anda mungkin bertambah satu sampai tiga juta rupiah, loh!

3. Berlangganan Surat Kabar atau Musik Non Digital

Di tengah era digital, pembelian majalah atau surat kabar cetak kini terbilang cukup boros. Begitupula dengan pembelian keping album berupa CD musisi favorit. Jika tersedia pilihan untuk membeli produk digital yang original, tidak ada salahnya untuk berlangganan ebook atau musik sreaming berbayar.

Dengan demikian Anda bisa menghemat bujet, sekaligus menghargai hasil karya para penciptanya.

(Simak juga: Pilihan hunian dengan fasilitas olahraga mulai harga Rp300 jutaan)

4. Makan atau Hang Out di Restoran

Harus diakui bahwa ini menjadi salah satu langkah penghematan yang agak sulit. Pasalnya, jika berada di lingkungan pertemanan Anda kerap tidak bisa menolak ajakan untuk meet up atau berkumpul di restoran. Padahal harga makanan dan minuman di restoran bisa mencapai tiga sampai lima kali lebih mahal dari masakan buatan sendiri.

Salah satu trik yang bisa dicoba adalah dengan mengundang mereka datang kerumah dan membuat kudapan sederhana yang bisa Anda buat sendiri. Contohnya pasta instan, pudding, gorengan pisang dan bakwan, sampai dengan jus buah. Tentu lebih hemat dan akrab jika mengobrol di rumah, kan?

5. Keanggotaan Pusat Kebugaran

Tubuh yang sehat dan badan yang proporsional tentu menjadi anugerah yang penting untuk dijaga. Namun, Anda tak harus memaksakan diri untuk bergabung di keanggotaan fitness di pusat kota. Biaya keanggotaan yang mencapai ratusan ribu bisa menguras anggaran bulanan.

Saatnya memilih cara yang lebih sederhana dan tak kalah menyenangkan. Stop gym membership Anda! Ajak teman-teman untuk senam dan berolahraga di gelora olah raga (GOR) terdekat di akhir pekan. Biaya sewa tempatnya relatif lebih ringan ketimbang di tempat fitnes komersial.

Atau, Anda juga bisa meniru gerakan latihan dari video YouTube atau DVD. Lakukan dirumah dengan menyiapkan ruangan dan peralatan yang menunjang.

 

Isnaini Khoirunisa

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSA Group Jadi Produsen Mobil Terbesar Kedua di Eropa

Posted: 02 Aug 2017 09:20 PM PDT

PSA Group, perusahaan otomotif asal Perancis, resmi menjadi produsen mobil terbesar kedua di Eropa setelah mengakuisisi Opel dan Vauxhall. Dua merek ini sebelumnya dimiliki oleh General Motors (GM), asal Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua merek itu, PSA Group menguasai sekira 17 persen pangsa pasar. Angka ini hanya kalah dari Volkswagen Grup, yang juga punya anak perusahaan cukup banyak. Demikian seperti yang dikutip dari Autoexpress, Rabu (2/8/2017).

Dengan masuk ke manajemen baru, seluruh biaya pembelian, riset dan pengembangan, serta manufaktur Opel dan Vauxhall tidak ditanggung sendiri, tapi bisa dibantu oleh perusahaan induk. Ini dapat menghemat pengeluaran hingga miliaran pound sterling.

Carlos Tavares, PSA Chairman, mengatakan bahwa meski telah dibeli, dua merek ini tetap mempertahankan identitasnya masing-masing. "Opel akan tetap Jerman, Vauxhall akan tetap Inggris," terangnya.

Ia juga mengatakan bahwa penggabungan ini sebagai "kelahiran seorang juara Eropa sejati".

Sementara itu, CEO GM, Mary Barra, mengatakan bahwa dirinya juga senang dengan pembelian ini. Ia mengatakan bahwa meski awalnya sulit untuk melepas hingga dua merek sekaligus, namun pada akhirnya penjualan dua merek Eropa ini adalah keputusan yang tepat.

"Kami senang, kolega kami yang terhormat di Opel, Vauxhall, dan PSA telah menciptakan sebuah kesempatan baru untuk meningkatkan kinerja jangka panjang dari perusahaan masing-masing," terangnya.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali Berjoget, Caisar Tuai Pro-Kontra

Posted: 02 Aug 2017 09:20 PM PDT

Keputusan Caisar untuk berhenti dari dunia hiburan sempat menuai pujian. Apalagi, Caisar memutuskan untuk berhijrah dan mendalami ilmu agama. Pria 27 tahun itu juga menanggalkan gelar Raja Joget-nya. Ia memilih banting setir sebagai pedagang baju dan buku islami.

‎Namun, belakangan ini nama Caisar ramai lagi diperbincangkan netizen. Caisar memutuskan untuk kembali berjoget seperti dulu.

Sebenarnya, kabar itu sudah santer sejak seminggu terakhir. Bahkan, tagar #SaveCaisar sempat menjadi popular di media sosial. Hingga akhirnya, wajah Caisar benar-benar tampak di salah satu variety show pada Rabu (2/8/2017).

Caisar tampak semangat berjoget sambil diiringi musik dangdut. Para penonton pun dibuat tertawa dan bernostalgia dengan goyangan khasnya.

Hal itu langsung menuai berbagai respons dari warganet. Sebagian besar menyayangkan keputusan Caisar kembali ke dunia hiburan.

"Kalo orientasinya semua ke dunia atau uang pasti berfikir gak ada masalah. Tapi kalo semua tau di dunia ini untuk apa pasti semua mengerti. Rezeki sudah dijanjikan sama Allah. Manusia pasti dicukupkan karena itu janjiNya," tulis pemilik akun @hendrawandudu.

"Kecewa sama bang @caesar_abukipsmail pasti iya, dan bukan maksud kami menjelekkan bang caesar, di sini sebagai umat muslim sudah sewajibnya slng mengingatkan satu sama lain, ini berarti kita peduli sama bcaesar, semoga beliau mendapat pekerjaan yg berkah dan lebih bermanfaat bg org lain bukan yg bnyak mudhorotx, aamiin," kata @akh_sand.

Akun rifki_zaelani menambahkan, "Masyaallah bangg... sedih hari ini :'( @caesar_abukipsmail."

Meski begitu, tak sedikit juga yang mendukung keputusan Caisar kembali bergoyang seperti dulu.

"Slah ya dimana joget kaya gitu? Lucu sih di larang nyari rejeki buat kluarga ya. Kalo dilarang kluargya ente mau yg nanggung apa," ujar akun ridhoapriyan.

"Mungkin dia hanya menunjukkan dirinya masih xsis didunia televisian, lagi pula hanya sekilas.. sebaiknya jangan su'uzhon," kata akun amira_sean. (Ras)

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perumnas Aplikasikan Beton Precast untuk Rumah MBR

Posted: 02 Aug 2017 09:18 PM PDT

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perumnas terus berupaya menjadi ujung tombak Indonesia dalam penyediaan rumah bagi rakyat, sekaligus mengatasi masalah backlog (kesenjangan) perumahan.

Selaku mitra Pemerintah, Perumnas mengklaim siap meningkatkan kapasitas penyediaan rumah dengan cepat dan mampu diserap pasar khususnya kelas menengah bawah.

"Kami telah melakukan survei beberapa waktu lalu, dan didapati bahwa mayoritas penduduk Indonesia dengan segmen menengah bawah hanya mampu untuk melakukan cicilan rumah sebesar Rp500 ribu per bulannya," ungkap Bambang Triwibowo selaku Direktur Utama Perum Perumnas, seperti dikutip Rumah.com.

Lihat juga: Rumah Subsidi di Bogor dan Bekasi Cicilan Rp800 Ribu

Survey tersebut dilakukan di beberapa kota besar yang memilki populasi tinggi seperti di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi.

"Hal ini yang mendorong kami untuk terus melakukan inovasi atas konstruksi rumah yang dapat menghasilkan biaya produksi rendah, dimana pada akhirnya dapat berimbas pada harga rumah itu sendiri," imbuhnya.

Dan demi memenuhi kemampuan cicil konsumen ini, Perumnas dituntut untuk bisa menyediakan rumah-rumah yang ekonomis bagi masyarakat, baik itu dari segi harga tanah maupun biaya produksi, tanpa mengurangi kenyamanan, ketahanan dan kualitas bangunan.

Baca juga: Masyarakat Berpenghasilan di Atas Rp4 Juta Bisa Dapat Rumah Subsidi?

"Caranya adalah dengan mengefisiensikan biaya produksi melalui inovasi konstruksi precast untuk membangun rumah yang dapat dijangkau oleh konsumen Perumnas," terangnya.

"Kami sudah membangun rumah contoh sebagai wujud inovasi dalam melakukan percobaan dan riset, agar menghasilkan metode konstruksi rumah yang lebih efektif dan efisien dari segi biaya, mutu, dan waktu," terang Direktur Produksi Perum Perumnas, Kamal Kusmantoro.

Telah Teruji

Perumnas sendiri telah melakukan penelitian dan pengujian sejak November 2016 pada beberapa bahan konstruksi. Dan ditemukan bukti bahwa beton precast merupakan salah satu solusi konstruksi berkualitas tinggi namun memiliki biaya rendah.

Tidak hanya itu, pengujian yang dilakukan pada dua rumah contoh menunjukkan penggunaan beton precast dengan tebal dinding 7cm ini juga memiliki tekstur yang halus dan siap untuk dicat.

"Kelebihan precast ini masa konstruksinya sangat singkat sekitar 2 minggu, hemat dalam penggunaan tenaga kerja, dan dari segi kualitas pun lebih baik daripada menggunakan batu bata," jelas Galih Prahananto selaku Direktur Korporasi dan Pengembangan Bisnis.

Gagasan penggunaan precast untuk rumah tapak bagi MBR ini tentu akan menjawab kebutuhan pembangunan rumah secara masal, termasuk juga memudahkan kemampuan cicilan bagi masyakarat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Jutaan Gelembung Hiasi Hong Kong

Posted: 02 Aug 2017 09:15 PM PDT

Gelembung berterbangan selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Gelembung berterbangan selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang anak perempuan bermain gelembung selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Seorang anak perempuan bermain gelembung selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Sejumlah pengunjung mengambil gambar sebuah instalasi seni gelembung, Bubble Up, yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Sejumlah pengunjung mengambil gambar sebuah instalasi seni gelembung, Bubble Up, yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Pengunjung mengambil gambar gelembung yang berterbangan selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Pengunjung mengambil gambar gelembung yang berterbangan selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Gelembung berterbangan selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

Gelembung berterbangan selama pertunjukan seni Bubble Up yang dibuat oleh seniman asal Jepang, Shinji Ohmaki, di Hong Kong, 2 Agustus 2017. (AP Photo/Kin Cheung)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Komentari Transfer Neymar ke PSG

Posted: 02 Aug 2017 09:15 PM PDT

Manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho, turut mengomentari transfer bintang Barcelona, Neymar. Striker asal Brasil itu tinggal selangkah lagi bergabung dengan Paris Saint-Germain (PSG).

Kemarin, Neymar sudah berpamitan dengan skuat Barcelona yang tengah melakukan tur pramusim di Tiongkok. PSG bersedia membayar klausul jual Neymar seharga 222 juta euro.

Mourinho mengaku Neymar layak dibayar mahal. Sebab, sosok berusia 25 tahun tersebut satu level dengan dua pemain terbaik dunia, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

"Neymar? Ketika kami membayar sejumlah uang untuk Paul Pogba, saya bilang dia tidak mahal. Standar mahal adalah pemain yang mencapai tingkat dan kualitas tertentu," katanya di MUTV.

"Saya tidak berpikir Neymar mahal. Sebab, di zaman sekarang, kita akan memiliki banyak pemain yang harganya, 60 juta, 80 juta atau 100 juta pounds," ujar Mourinho.



Pelatih asal Portugal itu mengatakan, PSG rela membayar mahal karena menyadari kualitas Neymar. Selain itu, mantan bintang Santos tersebut juga bisa menambah pundi-pundi keuangan PSG.

"Neymar merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Secara komersial, Neymar sangat kuat. Pastinya, PSG sudah memikirkan hal ini. Itu konsekuensinya," ucap mantan manajer Chelsea itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berburu Tiket Pesawat Super Murah di Garuda Online Travel Fair

Posted: 02 Aug 2017 09:12 PM PDT

PT Garuda Indonesia Tbk bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) menggelar Garuda Online Travel Fair (GOTF) 2017. Acara ini digelar dari 3-7 Agustus 2017.

Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N Mansury mengatakan, sejumlah rute unggulan akan ditawarkan dengan harga murah. Rute tersebut antara lain Jakarta-Labuan Bajo (pergi-pulang/PP) Rp 2,1 juta. Kemudian, Jakarta-Raja Ampat (PP) Rp 1,9 juta.

Tidak hanya domestik, penawaran menarik juga diberikan untuk penerbangan luar negeri "Rute internasional Jakarta-London super saver Rp 6,6 juta (PP)," kata dia di Jakarta, Rabu, 2 Agustus 2017.

Garuda Online Travel Fair bisa diikuti oleh semua masyarakat, tidak hanya yang di Indonesia, tapi juga luar Indonesia. Calon penumpang hanya tinggal mengakses www.garuda-Indonesia.com/gotf, www.garuda-Indonesia.com, dan aplikasi mobile Garuda Indonesia.

"Dengan GOTF ini para calon penumpang di negara lain yang berkunjung ke Indonesia bisa memanfaatkan," tandas dia.

Berikut harga tiket yang ditawarkan pada Garuda Online Travel Fair 2017 untuk rute unggulan

Domestik PP:

Jakarta - Makasar : Rp 1,2 juta
Jakarta - Medan : Rp 1,2 juta
Jakarta - Balikpapan : Rp 1,0 juta
Jakarta - Raja Ampat : Rp 1,9 juta
Jakarta - Labuan Bajo : Rp 2,1 juta.

Internasional PP:

Jakarta - Singapura : Rp 1,1 juta
Jakarta - Hong Kong : Rp 2,0 juta
Jakarta - Seoul : Rp 3,9 juta
Jakarta - Melbourne : Rp 4,8 juta
Jakarta - London : Rp 6,6 juta.

Simak video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bye Bye Bemo, Welcome Bajaj Qute

Posted: 02 Aug 2017 09:11 PM PDT

Selama 55 tahun Becak Motor atau Bemo wara-wiri di Ibu Kota. Kini suara bising khas Bemo tak akan lagi terdengar. Bemo berganti wajah menjadi Bajaj Qute.

Tahun 1962, Bemo menjadi transportasi andalan menggantikan becak kayuh tenaga manusia. Pengemudi tak perlu berpeluh keringat mengayuh becak. Penumpang pun lebih cepat sampai ke tujuan, meski harus beradu lutut saat duduk berhadapan dengan penumpang lain.

Namun kini tiba saatnya Bemo menyudahi kiprahnya. Tubuhnya diremukkan dan dipotong-potong menjadi bagian kecil hingga tak lagi dikenali. Yang tersisa hanyalah kenangan.

Giliran Bajaj Qute yang beraksi di tengah hiruk-pikuk kemacetan Jakarta. Mobil imut ini meluncur mulai Juli 2017. Jumlahnya terbatas 17 unit karena masih uji coba.

Sensasinya sungguh berbeda. Tanpa asap dan tanpa getar seperti saat naik bemo. Tak perlu lagi beradu lutut dengan penumpang lain. Seperti apa transformasi Bemo ke Bajaj Qute, simak selengkapnya dalam Infografis berikut ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produser Wiro Sableng 212 Tak Ingin Disetir Pihak Hollywood

Posted: 02 Aug 2017 09:10 PM PDT

Wiro Sableng 212 adalah sebuah film yang digarap bersama antara Lifelike Pictures dari Indonesia dan Fox International Pictures dari Hollywood. Meski dibuat bersama, produser dari Lifelike Pictures, Sheila Timothy, mengatakan pihaknya tak ingin menyerahkan segala keputusan penting kepada pihak Hollywood meskipun sineas luar negeri ini sudah sangat piawai menggarap film-film laga.

"Wiro Sableng itu sudah punyanya bangsa Indonesia. Rakyat Indonesia sudah cinta banget sama Wiro Sableng," tutur Sheila Timothy saat ditemui di jumpa pers Popcon Asia 2016 di Hotel Sultan Lagoon, Senayan, Jakarta, Rabu (2/8/2017).

"Jadi kita co-production dengan internasional, tapi tidak full finance. Karena kita tetap merasa bahwa ini punya kita, punya Indonesia. Jadi co-production fifty-fifty dan mereka lumayan membantu banyak di hal-hal yang saya rasa kita masih kurang," kata Sheila Timothy.

Soal proses kreatif pembuatan naskah, pakem-pakem yang membuat film semakin seru hingga masalah-masalah teknis, pihak luar negeri juga memberikan masukan. Namun kembali lagi, keputusannya diserahkan kepada Sheila Timothy.

"Mereka sudah jago-lah untuk itu. Mereka memberi masukan buat kita, kemudian dia juga bantu untuk teknik visual effect, tapi selebihnya mereka bilang bahwa ini materi yang dimiliki oleh Indonesia. Jadi saya respect kalian. Dia akan memberi masukan, tapi keputusan akhir ada di tangan saya," kata Sheila Timothy.

Proses syuting Wiro Sableng 212 sendiri baru akan berjalan pada bulan Agustus ini. Film ini rencananya akan rilis tahun 2018.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Akan Evaluasi Raperda soal Staf Ahli DPRD DKI

Posted: 02 Aug 2017 09:03 PM PDT

Seluruh fraksi di DPRD DKI Jakarta menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD DKI Jakarta.

Bila Raperda yang merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 itu disahkan, tunjangan tiap anggota Dewan diperkirakan naik menjadi Rp 80 juta setiap bulan. Selain itu, setiap anggota akan memiliki staf ahli.

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian mempersilakan kepada DPRD DKI Jakarta untuk merumuskan adanya staf ahli untuk setiap anggota.

Namun, pihaknya akan tetap mengevaluasi raperda tersebut. Sebab, dia beralasan pengadaan staf ahli tidak diatur dalam Peratuan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017.

"Begitu aturannya enggak nyebut dan kalaupun nanti dikoreksi itu Kemendagri yang melarang. (Tetapi) aturannya, PP yang melarang," ucap Ardian di kantor DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu 2 Agustus 2017.

Dia menjelaskan PP tersebut hanya mengatur akan pakar atau tim ahli untuk alat kelengkapan dewan dan tenaga ahli fraksi.

"Pakar ahli untuk alat kelengkapan masing-masing tiga dan tenaga ahli fraksi untuk masing-masing fraksi itu satu orang," ujar dia.

Karena hal itu, Ardian menyatakan untuk pendanaan staf ahli pribadi tidak dapat dilakukan.

"Itu sama saja enggak bisa dianggarkan. Memang enggak ada pengaturannya, jelas PP itu sifatnya given," jelas Ardian.

Sebelumnya, seluruh fraksi DPRD DKI Jakarta menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan AnggotaDPRD DKI Jakarta.

Bila Raperda yang merupakan tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 itu disahkan, tunjangan tiap anggota Dewan diperkirakan naik menjadi Rp 80 juta setiap bulan.

Fraksi di DPRD tidak hanya mengusulkan kenaikan tunjangan melainkan juga penambahan asisten pribadi yang melekat di tiap anggota dewan.

 

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Layang-Layang di Pontianak Terancam Diseret ke Pengadilan

Posted: 02 Aug 2017 09:02 PM PDT

Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, mengancam akan menindak tegas para pemain layang-layang karena telah mengganggu ketertiban umum.

"Kami akan tindak tegas siapa saja yang kedapatan main layang-layang dengan ancaman hukum tindak pidana ringan (tipiring)," kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, di Pontianak, Kamis (3/8/2017), dilansir Antara.

Ia menegaskan, tidak ada tempat dan ruang di wilayah Kota Pontianak untuk bermain layangan. Sebab, tidak ada jaminan layangan yang dimainkan itu tidak menggunakan benang gelasan dan tali kawat hingga membahayakan keselamatan orang lain.

"Bagi siapa pun yang masih bermain layangan, maka akan kami tindak tegas berupa sanksi tipiring dengan mengajukannya ke pengadilan," ucapnya.

Menurut dia, tidak ada manfaat dari permainan layangan itu, terkecuali dimainkan saat diselenggarakannya festival atau layangan hias. Bahaya yang ditimbulkan dari bermain layang-layang, kata dia, sangat besar dibandingkan dengan kesenangan yang diperoleh.

"Selain benang gelasan dan tali kawat, bahaya juga disebabkan alat penggulung benang yang menggunakan mesin. Mesin alat penggulung benang itu menyebabkan nyawa seseorang melayang akibat gesekan benang yang terkena leher. Itu yang membahayakan pengguna jalan yang terkena benang layangan tersebut," tuturnya.

Sutarmidji menambahkan, pemain layangan masih bisa menyalurkan hobinya melalui festival layangan hias. Pemkot secara rutin menggelar festival tersebut dua kali setahun.

"Silakan salurkan hobi dengan mengikuti festival itu, sepuas-puasnya main layangan di situ. Mau dari pagi sampai malam pun tak masalah," katanya.

Ia berharap larangan ini tidak dipolemikkan sebab demi keselamatan orang banyak. Pehobi layangan diminta tidak hanya memikirkan hobinya saja tanpa memikirkan nyawa orang lain.

"Sah-sah saja menyalurkan hobi bermain layangan namun ikuti aturan dan ketertiban umum, demi menjaga keselamatan orang lain," kata Sutarmidji.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Penjelasan Resmi Xiaomi soal Meledaknya Redmi Note 4

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Kasus meledaknya Redmi Note 4 hingga mantan petinggi Google memuji kualitas kamera iPhone 7 plus menyedot perhatian pembaca Tekno Liputan6.com.

Artikel terpopuler lainnya datang dari rekor baru Play Store, yakni salah satu aplikasinya diunduh sebanyak lima juta kali. Apa itu?

Selengkapnya dapat Anda simak berita terpopuler berikut ini pada Kamis (3/8/2017):

1. Tanggapan Resmi Xiaomi soal Meledaknya Redmi Note 4

Beberapa waktu lalu, secara mengejutkan diberitakan satu unit smartphone diduga Xiaomi Redmi Note 4 mengalami ledakan di sebuah toko di Bangalore, India. Terekam dalam sebuah video, smartphone itu meledak saat pemilik toko hendak memasukkan kartu SIM.

Pihak Xiaomi sebelumnya telah melakukan penggantian unit Redmi Note 4 baru untuk pemilik smartphone. Meski begitu, perusahaan terus melakukan investigasi mendalam terkait penyebab meledaknya smartphone.

Selanjutnya baca di sini

2. Aplikasi Android Ini Tembus 5 Juta Unduhan

Play Store adalah layanan konten digital milik Google. Di sini, kamu bisa mengunduh beragam aplikasi Android. Mulai dari aplikasi versi gratis hingga berbayar, semua lengkap.

Baru-baru ini, Google mencatatkan torehan baru. Salah satu aplikasinya diunduh sebanyak lima juta kali. Eits tunggu dulu, bukan Angry Birds, juga bukan Pokemon Go. Lalu aplikasi apakah itu?

Google Play Store. (Istimewa)

Adalah Google Play Services (GPS) yang mencatatkan rekor tersebut. GPS menjadi aplikasi Android pertama di PlayS tore yang diunduh sebanyak lima juta kali. GPS pertama kali dirilis tahun 2012, bersama dengan Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Selanjutnya baca di sini

3. Mantan Bos Google Puji Kualitas Kamera iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus adalah iPhone pertama yang hadir dengan konfigurasi kamera utama ganda. Kemampuannya diklaim menjadi yang terbaik dari semua versi iPhone. Tak pelak, kualitas kamera iPhone berbadan bongsor ini pun mendapat pujian dari mantan pimpinan Google, Vic Gundotra.

iPhone 7 Plus (Doc: BGR)

Gundotra yang sempat menjabat sebagai SVP di Google hingga 2014 itu memuji kualitas kamera iPhone 7 Plus lewat akun Facebooknya. Ia mengakui hasil jepretan kamera ganda iPhone 7 Plus menyamai hasil jepretan kamera DSLR.

"Era keemasan DSLR sudah lewat," katanya sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Slash Gear, Rabu (2/8/2017).

Selanjutnya baca di sini

(Cas)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Lazim, Masinis Ini Ingin Menikahi Laptopnya Sendiri

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Seorang masinis di New Mexico, AS, baru-baru ini menjadi perbincangan publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Chris Sevier memutuskan untuk menikahi komputer jinjing kesayangannya.

Chris berharap jika pernikahannya bisa diresmikan negara sehingga dia dan laptopnya bisa dikenal banyak orang. Dia bahkan mengajukan tuntutan hukum yang menuntut agar negara mengetahui pernikahannya dengan laptopnya tersebut.

"Jika pernikahan berdasarkan narasi identitas, berbasis identitas yang ditegakkan sendiri adalah hak dasar, hak individu dan hak yang ada. Berdasarkan pada pilihan pribadi untuk homoseksual maka jelaslah itu hak fundamental, hak individu dan hak yang ada," bunyi tuntutan yang dibuat Chris.

Pemuda itu bahkan memaksa seorang pedagang roti untuk membuatkannya kue pengantin. Dia mengatakan bahwa kue pengantin tersebut akan menjadi simbol hari bahagiannya bersama mempelai perempuan yang berupa laptop.

Sayangnya, hingga kini dia belum mendapatkan jawaban atas tuntutannya itu. Namun, Chris masih berusaha agar pernikahannya tersebut bisa dilegalkan.

(nd/ul)

Penulis:

Nuraida S Mizanto

STMM MMTC Yogyakarta

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Depak Carlton Cole, Striker Portugal Selangkah Lagi Gabung Persib

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Teka-teki penyerang baru Persib Bandung usai mendepak Carlton Cole akhirnya terkuak. Mantan pemain West Ham United itu tidak akan memperkuat Persib di Liga 1 setelah dianggap gagal memberi kontribusi pada putaran pertama. 

Adalah Erivelto Emiliano da Silva yang digadang-gadang mengisi kekosongan di lini depan Persib setelah ditinggal Carlton Cole. Pemain asal Portugal tersebut bahkan sudah berada di Jakarta dan mengaku tinggal menunggu proses penandatangan kontrak dengan Maung Bandung.  

 

"Saya mungkin baru akan ke Bandung besok (4/8/2017). Jadi, hari ini saya masih bisa bersantai," kata Emiliano kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (3/8/2017).

Nama Emiliano sudah ramai diperbincangkan sebagai calon terkuat pengisi lini depan Maung Bandung itu. Rencananya, penandatanganan akan berlangsung di Jakarta.  

"Hari ini tanda tangan kontrak dengan Persib. Saya dihubungi oleh Teddy (Tjahyono, CEO Persib)," ungkap mantan pemain Boavista ini. 

Emiliano tidak sepopuler Carlton Cole. Pemain berusia 28 tahun itu terakhir membela klub Divisi Dua Portugal, Covilha dan mengemas 34 gol dari 68 laga di semua kompetisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

North Sumatera International Choir Competition 2017 Resmi Dibuka

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Perhelatan paduan suara bertaraf internasional yang bertajuk "2nd North Sumatera International Choir Competition 2017" (NSICC) resmi dibuka oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Bertempat di Auditorium Universitas Sumatera Utara, Medan, Rabu (2/8/2017). Perhelatan yang diikuti oleh tamu dari luar negeri yakni Filipina itu akan dilaksanakan dari tanggal 2 hingga 5 Agustus 2017.

Kemenpar diberikan kehormatan membuka acara dan diwakili oleh Kepala Bidang Promosi Wisata Pertemuan dan Konvensi Asdep Bisnis dan Pemerintah Kemenpar Deputi Pemasaran Mancanegara Kemenpar, Eddy Susilo.

"Kami konsisten mendukung acara yang kaitannya mampu mendatangkan wisatawan mancanegara, hanya tentu saja pemerintah daerah dan panitia juga harus fokus dalam mempersiapkan acara dengan baik. Karena Kemenpar akan terus mendorong kedatangan wisatawan mancanegara ke semua daerah, dan keseriusan daerah juga dibutuhkan untuk mewujudkan ini, semangat ini yang harus terus dijaga," ujar Eddy, dalam sambutannya.

Ketua Panitia Pelaksana NSICC 2017, Jones Selon Lubis, mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang telah mendukung acaranya tersebut. Kata dia, acara bertema "Singing Brings Unity" ini rencananya akan diselenggarakan di tiga lokasi, yaitu Auditorium Universitas Sumatera Utara di Medan, Aula RRI Medan, dan Gereja GBKP di jalan Sei Batang, Serangan, Medan.

"Kegiatan akan terdiri dari beberapa bagian, di antaranya kompetisi paduan suara, workshop atau seminar, ekshibisi, pameran, hiburan rakyat, konser bersama, dan tur wisata. Sementara itu, kategori kompetisi terdiri dari mixed youth choir, mixed choir, mix chamber choir, equal voice, musica sacra, gospel dan spritual, folklore, popular music, dan music of religion," ucap Jones.

Jones menambahkan, selain tujuh kategori tersebut, ada pula kategori Toba Grand Prix. Peserta yang berhak mengikuti Toba Grand Prix adalah tim paduan suara yang diundang oleh panitia, serta para pemenang utama (Grand Champion) dari beragam kompetisi beberapa tahun belakangan yang berafiliasi secara internasional dan mempunyai kualifikasi sangat baik, yang ada di regional Asia Tenggara dan dan daerah Pasifik.

"Semoga acara yang kedua kalinya ini bisa semakin membaik di kemudian hari, dan yang terpenting adalah bisa terus meningkatkan pariwisata Danau Toba," kata Jones. Tim Juri sendiri akan terdiri dari para pakar di bidang musik, seperti Aida Swenson Simanjuntak (Indonesia), Daud Kosasih (Indonesia), Toh Ban Seng (Singgapura), Aris Sudibyo (Indonesia), Paul Kwang Jo (Korea), TJ Harper (USA), dan T Pasut (Thailand).

Sementara itu, peserta berasal dari luar negeri, Filipina, serta puluhan tim dalam negeri, di antaranya Medan, Monokwari Papua, Tangerang, Riau, Batam, Papua, Laguboti, Jawa Barat, Sulawesi, Pekanbaru, Lubuk Pakam, Gorontalo, Kalimantan Tengah, dan Jakarta.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Erry Nuradi, dalam keterangan rilisnya berjanji akan memberi dukungan khusus kepada NSICC yang sangat berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang berkunjung ke Medan, bahkan ke Danau Toba.

"Acara seni dan budaya NSICC ini juga membuat kepariwisataan yang berkualitas, karena ini berbasis kearifan lokal, berwawasan lingkungan, dan berkesinambungan, sehingga (mampu) meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Sumatera Utara," ujar Erry.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, turut menegaskan bahwa Kemenpar memberi support khusus untuk NSICC karena memiliki potensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara.

"Dengan NSICC tidak hanya promosi berbagai destinasi pariwisata, budaya, kreatifitas, kuliner, dan tempat bersejarah , tetapi juga mentransformasikan aspek-aspek ini ke dalam format transaksi ekonomi yang dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan sektor ekonomi di Sumatera Utara, maka acaranya harus terus meningkat levelnya," kata Esthy.

Sementara itu, pembina NISCC 3017, J. Alexander Ferdinandes mengatakan, mereka menggelar acara ini karena begitu peduli terhadap keberadaan paduan suara yang profesional dan berkualitas untuk Indonesia Raya.

"Kegiatan ini menyuguhkan tema berrnyanyi untuk perdamaian. Danau Toba menjadi saksi perdamaian dalam lintas ras, agama dan negara. Kita semua pancasila, maka dari itu pemerintah daerah di Sumut harus benar-benar menjaga dan memikirkan event penuh makna ini," kata pria yang biasa disapa Opung itu.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, menargetkan akan menggenjot Pariwisata Danau Toba dengan target 1 juta kunjungan wisata mancanegara (wisman) ke Danau Toba untuk tahun 2019. Event ini diharapkan mampu mendukung capaian tersebut.

"Untuk tahun 2019, Danau Toba targetnya 1 juta. Hitungannya dari wisman Rp 13 triliun sampai sekitar 20 triliun uang akan beredar, ekonomi di sana tumbuh kalau tourism tumbuh," ujar Arief.

"Kita harus kerja keras dan optimis bisa mencapai target 1 juta kunjungan wisman, lewat penyelenggaraan sejumlah event wisata menarik di Danau Toba, seperti NSICC ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisman ke satu dari 10 destinasi prioritas tersebut secara signifikan," ucapnya.



(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips agar Anak Aman Gunakan Gadget

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Saat ini perkembangan teknologi sudah sangat maju. Berbagai gadget atau gawai sudah sangat familiar bagi anak-anak, bahkan tugas-tugas sekolah pun memerlukan penggunaan internet.

Gadget dan internet memberikan hal yang positif dan negatif bagi anak. Maka dari itu, orangtua pun terkadang bimbang saat akan memberikan izin menggunakan gadget atau internet. Berikut ini tips mengenai penggunaan gadget dan internet dalam keluarga.

Tentukan durasi atau waktu penggunaan gadget. Misalnya, dimulai dari jam 16.00-17.00 di Sabtu dan Minggu. Untuk anak usia sekolah ke atas, orangtua dapat mengajak berdiskusi tentang waktu gadget ini dan membuat kesepakatan bersama.

Orangtua pun dapat menentukan area tanpa gadget di rumah. Misalnya, tidak boleh menggunakan gadget di meja makan atau di kamar pribadi. Atau gadget hanya boleh digunakan di ruang keluarga agar orangtua dapat mengawasi anak.

Orangtua dapat mendiskusikan hal ini dan membuat kesepakatan bersama dengan anak. Area tanpa gadget ini ditetapkan agar interaksi dan komunikasi dalam keluarga tetap terjaga baik.

Orangtua perlu mengetahui semua media sosial yang digunakan oleh anak dan secara berkala mengawasi konten media sosial anak. Apabila orangtua dan anak menjadi teman dalam media sosial, orangtua juga perlu menjaga konten akun pribadinya dan memberikan contoh kepada anak mengenai etika yang baik dalam menggunakan media sosial.

Orangtua sebaiknya mengajak anak berdiskusi mengenai risiko dari berbagi informasi pribadi pada media sosial.

Secara berkala, orangtua perlu memeriksa setting privasi di gadget maupun media sosial anak. Misalnya, pada situs Youtube terdapat tombol yang menyaring konten dewasa, di Instagram terdapat pilihan untuk mengunci akun.

Penggunaan gadget atau internet bagi anak tidak selalu buruk, selama orangtua dan anak tetap membangun komunikasi dan terbuka mengenai hal ini.

 


Rayi Tanjungsari, M.Psi 
Psikolog di Klinik Kancil & PION Clinicians 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Raffi Ahmad Sering Ketakutan Lihat Sosok Artis Ini

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina tengah sibuk mempromosikan film terbarunya, Rafathar The Movie. Selama proses syuting, Raffi Ahmad mengungkap bahwa sang anak takut bertemu Babe Cabita, salah satu pemain dalam film ini.

"Iya, selama syuting dia takut sama Babe Cabita soalnya rambutnya kayak sarang tawon jadi dia (Rafathar) nggak mau deket-deket," ungkap Raffi Ahmad saat mengunjungi kantor Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Tak hanya Babe Cabita, ternyata ada sosok lain yang ditakuti oleh bocah kelahiran 15 Agustus 2015 itu. Namun, kali ini bukan dari karakter film Rafathar, melainkan pemain dari Keluarga Gunarso, yakni Ivan Gunawan, Nassar, dan Soimah.

"Iya, dia itu kalau lagi ngambek suka ditakutin ada Gunarso gitu, terus dia bisa langsung anteng aja gitu," imbuh Nagita Slavina.

Raffi Ahmad, Nagita Slavina, dan Rafathar, saat ini memang tengah sibuk mempromosikan film terbarunya yang diberi judul sama dengan nama anak semata wayangnya itu.

Rafathar The Movie bercerita tentang seorang bayi (Rafathar) yang memiliki kekuatan super. Suatu hari sekelompok orang jahat, yakni Jonny Gold (Raffi Ahmad) dan Popo Palupi (Babe Cabita) berusaha untuk menculiknya. Berbagai kejadian lucu terjadi dalam penculikan ini, asal usul kekuatan Rafathar pun mulai terbuka.

 

Simak video menarik di bawah ini :

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Hal yang Bisa Dilakukan di New Zealand Saat Liburan Semester

Posted: 02 Aug 2017 09:00 PM PDT

Dikenal dengan perbukitannya yang hijau, langit biru dan danau berkelok-kelok, New Zealand telah menjadi tujuan yang semakin populer bagi wisatawan Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Menariknya, sejumlah besar siswa Indonesia juga memilih untuk melanjutkan pendidikan di sana.

Jika Anda salah satu dari mahasiswa yang sedang atau ingin melanjutkan pendidikan di New Zealand, saatnya Anda menjelajah keindahan tempat-tempat di New Zealand ketika tiba waktunya liburan semester. Seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/7/2017), inilah empat hal terbaik yang bisa Anda lakukan di New Zealand.

1. Pacu adrenalin Anda

Bagian terbaik dari kehidupan sebagai pelajar adalah mendapatkan kesempatan untuk mengejar pengalaman baru dan menantang batasan Anda. Queenstown di New Zealand dikenal sebagai ibu kota petualangan dunia yang menawarkan beragam aktivitas menantang bagi para pencari ketegangan.

Anda bisa mencoba aktivitas seru yang memompa adrenalin, seperti terjun lenting dan sky-diving ataupun berayun di ngarai dan heliskiing, Queenstown. Tidak perlu khawatir jika Anda tidak memiliki waktu untuk ke Queenstown, kebanyakan kota di New Zealand pun menawarkan beberapa bentuk olahraga petualangan yang bisa Anda coba.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

Beragam olahan makanan segar yang dikombinasikan dengan masakan inovatif serta ketersediaan kafe menjadi surga bagi para pencinta kuliner. Anda bisa mengunjungi salah satu pasar petani atau laut di seluruh New Zealand untuk mendapatkan pengalaman menikmati hasil pertanian atau laut langsung di meja makan Anda.

Selain itu, produk susu adalah ekspor terbesar New Zealand. Jadi jika Anda pencinta keju, maka pastikan untuk mengunjungi toko keju yang tersedia di bagian utara atau selatan New Zealand. Atau bagi Anda pencinta kopi juga wajib mencoba beberapa kopi terbaik di negara ini.

New Zealand memiliki berbagai komunitas kreatif yang dinamis dan Anda akan menemukan banyak kesempatan untuk bertemu dan bergaul dengan orang lain. Anda bisa merencanakan kunjungan panjang ke Aotearoa pada saat festival musim panas berkelas dunia yang diadakan di tempat terbuka.

Berbeda dengan festival di Eropa, di New Zealand Anda bisa merasakan sinar matahari langsung sambil menikmati alunan musik favorit. Sebagai alternatif, ada festival tiga hari yang berlangsung di kebun anggur, menarik banyak aksi internasional dan lokal, dengan bintang utamanya termasuk Major Lazer, Public Enemy dan Moby.

Film Lord of The Rings Trilogy menjadi salah satu popularitas terbesar di New Zealand. Sebab itu, Hobbiton yang terletak di Waikato, patut Anda kunjungi. Selain itu, studio Weta, yang bertanggung jawab atas produksi film dan pengeditannya, juga layak untuk dikunjungi, khususnya jika Anda adalah seorang penggemar film atau tertarik pada produksi film.

Studio film ini menawarkan berbagai tur di antara unit produksi di balik layar di mana para pemandu akan menjelaskan bagaimana berbagai film dibuat dengan menggunakan alat peraga, model, senjata, dan efek khusus.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbesar ke-2 di Dunia, Intip Daftar Gaji Pegawai JICT

Posted: 02 Aug 2017 08:55 PM PDT

PT Jakarta International Container Terminal (JICT) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang bongkar muat. Baru-baru ini, JICT mampu mendapat sorotan publik setelah adanya keputusan aksi mogok kerja para karyawan yang menuntut penambahan bonus.

Padahal, menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, pegawai yang bekerja di perusahaan ini mendapat gaji terbesar kedua di dunia. Besaran gaji yang diterima pegawai di level staf mampu mencapai lebih Rp 30 juta per bulan. Demikian seperti ditulis Rabu (3/8/2017).

Berdasarkan dokumen keuangan dari JICT, berikut daftar gaji pegawai di perusahaan JICT:

1. Level staf
Gaji per bulan: Rp 35,9 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 430,9 juta

2. Level senior staff
Gaji per bulan: Rp 68,1 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 818,3 juta

3. Supervisor
Gaji per bulan: Rp 60,1 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 722,3 juta

4. Senior supervisor
Gaji per bulan: Rp 87,02 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 1,04 miliar

5. Manajer
Gaji per bulan: Rp 113,9 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 1,36 miliar

6. Senior manajer:
Gaji per bulan: Rp 115,1 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 1,38 miliar.

Kepengurusan Serikat Pekerja karyawan JICT

1. Level staf
Gaji per bulan: Rp 35,9 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 430 juta

2. Supervisor
Gaji per bulan: Rp 60,1 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 722 juta

3. Manajer
Gaji per bulan: Rp 113 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 1,3 miliar

4. Senior manajer
Gaji per bulan: Rp 132 juta
Akumulasi gaji per tahun: Rp 1,5 miliar

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

Kuasa Hukum PT JICT, Purbadi Hardjoprajitno menjelaskan besarnya dana fasilitas dan tunjangan untuk karyawan JICT. Mereka mendapat bantuan biaya pendidikan anak untuk masuk sekolah dasar (SD) sebesar Rp 3 juta, SMP Rp 3,75 juta, lalu SMA Rp 4,5 juta, serta universitas Rp 22,5 juta.

Tak hanya itu, ada juga biaya prestasi anak untuk yang SD sebesar Rp 2 juta, untuk SMP Rp 2,5 juta, untuk SMA Rp 3,15 juta, dan yang kuliah di universitas bantuan biaya prestasi sebesar Rp 5 juta.

Biaya bantuan buku-buku pada setiap semester atau setiap enam bulan juga ada. Untuk anak yang SD Rp 1 juta, anak SMP sebesar Rp 1,35 juta, lalu anak SMA sebesar Rp 1,65 juta dan yang kuliah sebesar Rp 2,65 juga.

Para pekerja juga mendapat tunjangan transportasi untuk level staf hingga senior manajer, yaitu Rp 1,44 juta hingga Rp 7,65 juta. Tunjangan lain juga diberikan sebesar Rp 2,25 juta untuk bantuan khitanan dan persalinan. Kemudian bantuan uang saku haji Rp 6,5 juta.

Berlangsungnya aksi mogok kerja para karyawan JICT ini, Purbadi mengakui, karena adanya surat yang diberikan oleh SP JICT kepada JICT terkait rencana mogok kerja 3-10 Agustus 2017. Salah satu faktor penyebab mogok tersebut karena bonus yang diterima karyawan pada 2016 turun 42,5 persen dibandingkan bonus pada 2015.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Pengacara Miryam untuk Tersangka E-KTP Markus Nari

Posted: 02 Aug 2017 08:51 PM PDT

Penyidik KPK memeriksa kuasa hukum Miryam S Haryani, Aga Khan, hari ini. Aga akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas perkara Markus Nari dalam kasus menghalangi penyidikan dan persidangan perkara korupsi e-KTP.

"Iya, yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MN (Markus Nari)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (3/8/2017).

Pada Rabu 2 Agustus 2017 kemarin, penyidik juga sudah memeriksa tim kuasa hukum Miryam S Haryani lainnya dalam kasus dengan tersangka yang sama, yakni Demberger Panjaitan. Tersangka korupsi e-KTP Andi Agustinus alias Andi Narogong juga turut diperiksa penyidik kemarin.

Penyidik juga telah memeriksa Akbar, Staf Ahli Miryam S Haryani dan mantan Sekjen Kemendagri Diah Anggraeni sebagai saksi untuk tersangka Markus Nari. Diah bungkam usai diperiksa penyidik pada Selasa, 1 Agustus 2017 lalu.

Politikus Golkar Markus Nari diduga menekan mantan anggota Komisi II DPR, Miryam‎ S Haryani, agar memberikan keterangan tidak benar pada persidangan dan mencabut berita acara pemeriksaan (BAP).

Selain itu, Markus juga diduga memengaruhi terdakwa Irman dan Sugiharto pada persidangan perkara korupsi e-KTP. Markus pun ditetapkan sebagai tersangka menghalangi proses penyidikan dan persidangan e-KTP.

Selain ditetapkan sebagai tersangka menghalangi proses hukum perkara korupsi e-KTP, Markus juga ditetapkan sebagai tersangka korupsi proyek yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Cari Sosok Pelindung Bumi dari Alien dengan Gaji Rp 2,5 M

Posted: 02 Aug 2017 08:48 PM PDT

Apakah Anda berminat bergabung dengan keluarga besar Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA? Jika iya, baru-baru ini, pihak NASA membuka lowongan pekerjaan bagi siapa saja yang berminat menjadi sosok yang mampu mempertahankan Bumi dari kontaminasi makhluk luar angkasa atau alien.

Dilansir dari laman Independent, Kamis (3/8/2017), posisi pekerjaan itu disebut sebagai 'petugas pelindung planet'. Salah satu tanggung jawabnya adalah memastikan tak ada makhluk dari luar angkasa yang mencemari Bumi dan Bulan.

Selain itu, para petugas pelindung planet ini harus memastikan tak ada materi-materi asing yang berpotensi menginfeksi Bumi.

Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan. NASA memberi Rp 2,5 miliar per tahun -- belum ditambah tunjangan.

Sebuah tampilan iklan lowongan pekerjaan itu pun jadi sorotan.

"Para petugas pelindung planet dituntut untuk memastikan tak ada konstituen organik dan kontaminasi biologis yang berasal dari manusia dan wahana eksplorasi angkasa," tulis NASA dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut.

Pekerjaan ini ditawarkan dengan masa kontrak selama tiga tahun dan dapat diperpanjang menjadi lima tahun. Kebijakan ini dibuat setelah Amerika Serikat meneken Kesepakatan Angkasa Luar pada tahun 1967.

Ternyata, tak hanya Amerika Serikat yang memiliki posisi pekerjaan semacam ini. Ada satu tempat lain di dunia yang menawarkan posisi pekerjaan semacam ini yaitu Badan Angkasa Luar Eropa.

Hal tersebut disampaikan oleh Catherine Conley, petugas pelindung planet NASA yang bertugas hingga tahun 2014 -- sebelum akhirnya dipindahkan ke Badan Jaminan Keselamatan Misi NASA.

Berdasarkan kesepakatan tahun 1967, setiap misi menuju angkasa luar harus memiliki kurang dari satu per 10 ribu peluang kontaminasi benda asing dari luar angkasa. Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Conley.

Para petugas pelindung planet harus memastikan, robot atau wahana antariksa yang bertugas mengambil gambar dan melintasi sebuah planet harus aman dan tak terkontaminasi oleh hal-hal yang berbahaya.

Apabila terpilih menjadi petugas pelindung bumi, salah satu tugas awal yang akan diberikan yaitu melindungi Bumi dari potensi kontaminasi berbahaya. Sebagai contoh, kontaminasi dari planet Mars.

Petugas pelindung Bumi ini kemungkinan besar akan menjadi bagian dari misi NASA ke Eropa, salah satu misinya akan membawa mereka ke planet Jupiter.

Persyaratan Menjadi Petugas Pelindung Planet

Para kandidat yang berminat menjadi petugas pelindung planet harus memiliki pengalaman minimal satu tahun sebagai pegawai negeri. Tak hanya itu, pengetahuan tentang ilmu fisika juga dituntut.

Selain fisika, para kandidat harus menguasai penerapan ilmu matematika, ilmu teknik serta punya pengetahuan mendalam tentang cara bagaimana melindungi planet.

Kemampuan berdiplomasi jika menghadapi permasalahan sulit juga dituntut dalam hal ini. Namun sayang, lowongan ini hanya untuk warga negara Amerika Serikat.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Mantan Ketua DPR Ade Komarudin Terkait Kasus E-KTP

Posted: 02 Aug 2017 08:46 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Ketua DPR Ade Komarudin. Pria yang biasa disapa Akom ini akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk tersangka Setya Novanto dalam perkara korupsi e-KTP.

"Yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (3/8/2017).

Penyidik KPK juga akan memeriksa mantan Pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Drajat Wisnu Setiawan, dan seorang notaris bernama Hilda Yulistiawati. Keduanya juga akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk melengkapi berkas Setya Novanto.

Pemeriksaan terhadap Ade Komarudin diduga untuk mendalami dugaan penerimaan uang oleh politikus Golkar tersebut. Akom disebut menerima uang sejumlah US$ 100 ribu dari proyek e-KTP.

Adapun Drajat Wisnu Setiawan merupakan salah satu pihak yang namanya disebut bersama-sama melakukan korupsi e-KTP dan merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Dalam perkara ini, dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto sudah divonis masing-masing tujuh dan lima tahun penjara. Keduanya terbukti bersalah melakukan korupsi e-KTP secara bersama-sama.

Tersangka ketiga yakni Andi Narogong. Tersangka berikutnya adalah Ketua DPR Setya Novanto. 

Politikus Partai Golkar Markus Nari pun ditetapkan sebagai tersangka kelima. Selain tersangka korupsi e-KTP, Markus juga menjadi tersangka penghalang proses penyidikan dan persidangan.

Markus diduga menyuruh Miryam S Haryani untuk mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) dalam sidang e-KTP. Alhasil, politikus Hanura tersebut ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan palsu.

 

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bungkam MLS All Star, Real Madrid Akhirnya Menang di Pramusim

Posted: 02 Aug 2017 08:45 PM PDT

Real Madrid akhirnya meraih kemenangan di laga tur pramusim. Los Blancos --sebutan Real Madrid-- menang drama adu penalti 4-2 sebelum bermain imbang 1-1 melawan MLS All Star di Soldier Field, Chicago, Kamis (3/8/2017) pagi WIB.

Dalam pertandingan ini, Real Madrid memainkan banyak pemain muda, seperti Theo Hernandez, Borja Mayoral, Lucas Vazquez, hingga A. Hakimi. Pelatih Zinedine Zidane mengkombinasikannya dengan pemain senior, Sergio Ramos, Keylor Navas, Toni Kroos, dan Isco.

Sedangkan MLS All Star memainkan Bastian Schweinsteiger, Kaka, David Villa, hingga Sebastian Giovinco.

Meski bermain dengan pemain muda, Real Madrid menekan pertahanan MLS All Star. Pada menit ke-11, Toni Kroos menyundul bola setelah mendapat umpan lambung dari Marco Asensio. Namun, bola hasil tandukannya masih melebar di sebelah kanan.

Los Blancos baru bisa mencetak gol pada menit ke-59. Mendapat umpan Dani Ceballos, sepakan kaki kanan Borja Mayoral membuat Real Madrid unggul 1-0.

Namun kemenangan Real Madrid yang sudah di depan mata buyar pada menit ke-87. Giovani Dos Santos yang masuk sebagai pemain pengganti melepaskan umpan lambung. Bola langsung disundul Dominiv Dwyer untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak penalti.

Dalam drama adu penalti, empat eksekutor Real Madrid yakni Karim Benzema, Gareth Bale, Kovacic, dan Marcelo berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan dua algojo MLS All Star, Dwyer dan Dos Santos gagal menceploskan bola ke gawang Real Madrid.

Ini menjadi kemenangan pertama Real Madrid di ajang tur pramusim. Sebelumnya, mereka menelan tiga kekalahan dari Manchester United (adu penalti), Manchester City, dan Barcelona.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Popcon Asia 2017 Digelar, Tokoh Power Rangers Siap Ramaikan Acara

Posted: 02 Aug 2017 08:45 PM PDT

Popcon Asia 2017, ajang perayaan pop culture berskala internasional terbesar di Indonesia akan digelar kembali. Pada tahun keenam ini, Popcon Asia akan tampil beda.

Diakui Grace Kusnadi, Co-Founder Popcon Asia, setiap tahunnya Popcon Asia mengalami peningkatan diseluruh konsep acara. Dan pada 2017 ini, Popcon akan menggelar award untuk tiga kategori.

Popcon Asia 2017 akan mengadirkan Walter Jones, The Original Black Ranger pada Serial Mighty Morphin Power Rangers.

"Yang baru untuk tahun ini, kita akan bikin Popcon Award, untuk tiga kategori yaitu komik, video online, dan games terbaik. Popcon sejatinya pengin bikin suatu wadah, dan kedua untuk apresiasi," ujar Grace Kusnadi, di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2017).

 

Serunya lagi, dalam acara yang diselenggarakan pada 5-6 Agustus 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) ini ikon dunia pop culture internasional akan lebih banyak lagi yang hadir. Ini merupakan wujud dari keinginan para penggemarnya.

Bukan itu saja, pada Popcon Asia 2017 ini juga akan dimeriahkan oleh tiga karakter Power Rangers dari generasi yang berbeda. Di antara yang hadir adalah Yoshi Sudarso pemeran Ranger Biru versi Dino Charge, juga Peter Sudarso yang bermain sebagai Ranger Biru versi Ninja Steel.

Selain itu, ada juga Walter Jones yang menjadi Ranger Hitam dalam Mighty Morphin Power Rangers. Begitu pun dua tokoh film Gavan, yaitu Kenji Ohba dan Yuma Ishigaki.

Mighty Morphin Power Rangers. (fandango.com)

"Popcon Asia selalu berupaya untuk memberikan pengalaman terbaik bagi penggemar tokoh industri kreatif bertemu dengan idola mereka," kata Grace Kusnadi.

Untuk mengikuti rangkaian acara tersebut, bisa didapatkan hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 95 ribu (daily), dan Rp 170 ribu (2 day pass).

 

Simak video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Atletico Madrid Juara Audi Cup 2017 Usai Kalahkan Liverpool

Posted: 02 Aug 2017 08:45 PM PDT

Gelandang Atletico Madrid, Keidi Bare (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (Andreas Gebert/dpa via AP)

Gelandang Atletico Madrid, Keidi Bare (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (Andreas Gebert/dpa via AP)

Penyerang Liverpool, Ben Woodburn (kiri) berusah merebut bola dari penyerang Angel Correa pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (Sven Hoppe/dpa via AP)

Penyerang Liverpool, Ben Woodburn (kiri) berusah merebut bola dari penyerang Angel Correa pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (Sven Hoppe/dpa via AP)

Penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann berusaha membawa bola dari hadangan penyerang Roberto Firmino pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (AFP Photo/Christof Stache)

Penyerang Atletico Madrid, Antoine Griezmann berusaha membawa bola dari hadangan penyerang Roberto Firmino pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (AFP Photo/Christof Stache)

Bek Liverpool Dominic Solanke berebut bola dengan pemain Atletico Madrid, Augusto pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (AFP Photo/Christof Stache)

Bek Liverpool Dominic Solanke berebut bola dengan pemain Atletico Madrid, Augusto pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (AFP Photo/Christof Stache)

Para pemain Liverpool terlihat sedih usai timnya gagal juara pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (AFP Photo/Christof Stache)

Para pemain Liverpool terlihat sedih usai timnya gagal juara pada final Audy Cup di Munchen, (2/8). Atletico menang 5-4 atas Liverpool lewat adu penalti setelah bermain imbang 1-1. (AFP Photo/Christof Stache)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disindir Sandiaga soal Impor Garam, Ini Reaksi Menteri Susi

Posted: 02 Aug 2017 08:44 PM PDT

Wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno merasa heran soal Indonesia harus impor garam, padahal Indonesia memiliki laut luas. Hal itu menuai reaksi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Lewat akun Twitternya @susipudjiastuti, Menteri Susi menjawab pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tersebut.

"Pak Sandi harusnya tanya kawan2nya pengusaha/importir garam yang sudah puluhan tahun berdagang garam. Kenapa bisa begitu?" tulisnya seperti dikutip Kamis (3/8/2017).

Lebih lanjut ia menuturkan, selama 2,5 tahun jadi Menteri Kelautan dan Perikanan, harga garam petani di bawah Rp 400. Menurut Susi, harga itu rendah lantaran setiap panen datang garam impor masuk, sehingga membuat banyak dan murah.

Dalam akun Twitter tersebut ia juga menjawab sejumlah pernyataan soal impor garam. Susi menuturkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan merekomendasikan impor hanya untuk garam konsumsi. Sedangkan kebijakan impor garam untuk industri dan konsumsi di Deperindag.

Dengan ada Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2016 tentang perlindungan nelayan, pembudidaya, dan petambak garam, Susi menuturkan, ada pemberdayaan yang dilakukan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Ini agar harga garam petani tidak jatuh.

"Kalau harus impor garam konsumsi itu pun KKP yang harus memberikan rekomendasi ke PT Garam. Mudah-mudahan ke depan jadi lebih baik harganya petani untung," tulis Susi.

Sebelumnya, wakil gubernur terpilih DKI Jakarta Sandiaga Uno menuturkan, pemerintah harus segera memikirkan cara agar mengatasi kelangkaan garam untuk jangka panjang. Ia mengaku heran mengapa Indonesia harus impor garam. Padahal, Indonesia memiliki laut yang luas.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Bayi, Anak Atiqah Hasiholan Dibawa ke Tempat Ini

Posted: 02 Aug 2017 08:40 PM PDT

Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto tidak ingin putri mereka, Salma, menghabiskan waktu di rumah dalam waktu yang lama. Di usia Salma yang belum genap dua bulan, Atiqah dan Rio memutuskan untuk mengenalkan anak mereka pada dunia luar.

 Atiqah Hasiholan dan putrinya, Salma. [foto: instagram.com/atiqahhasiholan]

Mungkin banyak yang berpikir kalau Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto akan membawa Salma ke tempat yang tertutup dan sejuk seperti mal. Namun, siap sangka ternyata Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto justru mengajak Salma keluar untuk pertama kalinya dengan berkunjung ke Kebun Binatang Ragunan.

"Jalan jalan pertama keluarga kecil kami. Walaupun masih terbatas jarak pandang, kalo kata Bapak paling ngga Salma 'cium bau bau nya aja'," cerita Atiqah Hasiholan lewat Instagram pribadinya.

Dalam foto yang diunggahnya, tampak Rio Dewanto menggendong Salma di dekat kandang gajah. Meski Salma masih sangat kecil, pasangan yang menikah pada 2013 silam itu ingin anak mereka lebih dulu mengenal alam.

 Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto bawa anak mereka, Salma, ke kebun binatang [foto: instagram.com/atiqahhasiholan]

"Sengaja pilih Ragunan karena kayanya baik untuk Salma diperkenalkan pada lingkungan yang sehat dan mendekatkan diri pada alam sebelum pergi ke gedung gedung ber AC di Jakarta ini," papar putri Ratna Sarumpaet itu.

Meski begitu, bukan berarti Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto melarang anak mereka dibawa pergi ke mal. "Okay Salma abis ini kamu boleh sekali sekali pergi ke Mall nemenin Ibu dan Bapak," jelasnya.

 Rio Dewanto dan putrinya, Salma [foto: instagram.com/riodewanto]

Kesederhanaan serta kerendahan hati Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto ini rupanya menuai pujian dari warganet. "keren yaaa... sederhana manggilnya pun ibu dan bapak.. semoga selalu bahagia dan sehat @atiqahhasiholan..," puji @wahyuni_sadri_1803.

"Ahhh aku suka liat keluarga bahagia ini tnpa berpikir kemana pun yg bermewah2 ria ky artis laennya salma diajak keragunan," sahut @kurniawatiselfi.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Tuan Rumah Asian Youth Day, Yogyakarta Promosi Keberagaman

Posted: 02 Aug 2017 08:32 PM PDT

Yogyakarta menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Youth Day (AYD) ke-7. Hal ini sekaligus menunjukkan Yogyakarta sebagai contoh nyata kerukunan dan keberagaman di Indonesia.

AYD merupakan kegiatan yang menghadirkan para pemuda beragama Katolik dari seluruh Asia dan bertujuan menghidupi iman. Kegiatan yang digelar di Jogja Expo Center (JEC) pada 2-6 Agustus 2017 ini diikuti 942 peserta dari 22 negara Asia. Pada puncak acara, 6 Agustus 2017, Menteri Pariwisata dan Menteri Agama dijadwalkan akan hadir.

"Yogyakarta sebagai tempat penyelenggaraan AYD karena tingginya toleransi di tengah keberagaman masyarakat dari seluruh Indonesia. Buktinya acara ini juga mendapat dukungan dari saudara-saudara yang berbeda keyakinan," ujar Mgr Ignatius Suharyo, ketua panitia sekaligus Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dalam jumpa pers, Rabu, 2 Agustus 2017.

Kegiatan bertema Coming Together as Multicultural Asia ini ingin memperkenalkan kepada peserta kehidupan bangsa Indonesia di tengah keberagaman agama, suku, dan budaya yang mampu berjalan berdampingan serta saling menghormati.

Ia juga berencana mempertemukan para uskup besar dari 22 negara dengan tokoh-tokoh besar agama. Tujuannya tak lain untuk mempromosikan keberagaman Indonesia sebagai kekayaan besar yang bisa menjadi panutan.

Peserta AYD sudah datang ke Indonesia sejak 30 Juli. Mereka ditempatkan di rumah singgah dari umat beragama lain di 11 keuskupan di Indonesia.

Ketua Komite Awam dan Keluarga Federasi Konferensi-Konferensi Waligereja ASIA (FABC) Kardinal Patrick d'Rozario mengaku tidak percaya dengan hal yang selama ini diberitakan setelah melihat sendiri kerukunan dan keberagaman di Indonesia.

"Ini menjadi contoh yang baik untuk dunia, terlebih ketika saya bertemu dengan perwakilan dari Gerakan Muda Sabang-Merauke yang menginisiasi gerakan siswa sekolah menengah menginap dan hidup bersama dengan keluarga yang berbeda agama di seluruh Indonesia," ucapnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri PANRB: Moratorium CPNS Masih Berlaku

Posted: 02 Aug 2017 08:30 PM PDT

Pemerintah telah membuka pendaftaran seleksi CPNS untuk beberapa posisi di Mahkamah Agung dan Kementerian Hukum dan HAM.

Meski begitu, Menteri Pendayagunaan Aparatur negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menegaskan bahwa moratorium CPNS sampai saat ini masih berlaku. Dengan kata lain, seleksi CPNS kali ini tetap menganut sistem minus growth.

"Sejak beberapa tahun belakang pemerintah menerapkan moratorium CPNS. Saat ini jumlah PNS yang pensiun mencapai 100 ribu pegawai per tahunnya. Untuk itu, kita terapkan sistem minus growth. Dengan sistem ini kita hanya akan menerima tidak lebih dari 50 ribu pegawai dengan formasi khusus," ujar Menteri PANRB dalam keterangannya, Kamis (3/8/2017).

Selain itu, ujar Menteri Asman, pemerintah tidak akan membuka formasi umum yang bersifat fungsional ataupun administratif. Pemerintah hanya membuka formasi khusus yang sangat diperlukan, seperti petugas imigrasi untuk daerah perbatasan, penjaga lapas, dan hakim karena jumlah kebutuhan yang diperlukan masih jauh dari cukup.

"Ke depan, pemerintah juga hanya akan membuka formasi khusus yang sangat diperlukan, seperti peneliti untuk LIPI, perekayasa teknologi untuk BPPT, serta dosen untuk berbagai universitas negeri yang masih kekurangan tenaga pendidikan," ucap Asman.

Dia menegaskan, pemerintah daerah juga masih memberlakukan moratorium CPNS, kecuali untuk Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Papua Barat karena kedua pemerintah provinsi tersebut masih baru. Sehingga keduanya masih memerlukan ASN untuk memenuhi organisasi kerjanya.

Dalam penerimaan CPNS tahun ini, ungkap Menteri Asman, pemerintah pun telah menerapkan kuota untuk lulusan cum laude, disabilitas, serta formasi putra/putri Papua dan Papua Barat. Selain itu, pemerintah tidak akan lagi membuka penerimaan CPNS secara massal, melainkan berdasarkan analisis dan kebutuhan beban kerja.

Dengan strategi kebijakan tersebut, pemerintah dapat memenuhi kebutuhan aparatur sipil negara yang diperlukan untuk memberikan pelayanan publik yang prima serta profesional. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: