Sabtu, 12 Agustus 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Jadwal MotoGP Austria 2017, Balapan Hari Ini

Posted: 12 Aug 2017 09:45 PM PDT

Pertarungan para pembalap MotoGP Austria 2017 segera mencapai puncaknya. Setelah sesi latihan bebas dan kualifikasi, kini para pembalap akan melakoni balapan MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (13/8/2017).

Adalah pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang merebut pole position kualifikasi MotoGP Austria. The Baby Alien mencatat waktu terbaik 1 menit 23,235 detik. Tapi ia dipastikan mendapat tekanan dari dua pembalap Ducati.

Andrea Dovizioso dan Jorge Lorenzo juga memulai balapan dari grid pertama. Dovizioso hanya terpaut 0,144 detik dari Marquez dan Lorenzo tertinggal 0,242 detik. Tak hanya Ducati, Yamaha juga dipastikan akan memberikan tekanan.

Maverick Vinales mengamankan posisi keempat pada kualifikasi MotoGP Austria dengan selisih 1,33 detik dari Marquez. Sedangkan pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco ada di urutan keenam. Sayang, Valentino Rossi justru harus memulai balapan dari posisi ketujuh.

Pertarungan sengit yang dihadapi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez pada latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Austria 2017. (Jure Makovec / AFP )

Pemanasan
13:40-14:00 WIB: Moto3
14:10-14:30 WIB: Moto2
14:40-15:00 WIB: MotoGP

Balapan
16:00 WIB: Moto3
17:20 WIB: Moto2
19:00 WIB: MotoGP

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Galau, Nara Dewi Dewi Luncurkan Buku

Posted: 12 Aug 2017 09:40 PM PDT

Salah satu personel duo Dewi Dewi, Ullynara Zungga alias Nara Dewi Dewi, tak hanya pandai bernyanyi. Wanita lulusan sastra Inggris ini rupanya juga hobi menulis.

Dari kesenangannya dalam menulis, Nara berhasil menciptakan sebuah buku hasil karyanya sendiri. Nara meluncurkan buku kumpulan puisi pertamanya berjudul Dunia Laksmi, di kawasan Warung Jati, Jakarta Selatan, pada Jumat (11/8/2017) lalu.

(Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

Dalam acara peluncuran ini, Nara menceritakan proses kreatif pembuatan buku tersebut. Ia mengakui, hal tersebut berawal dari curahan hatinya yang ia puisikan.

"Buku puisi ini saya tulis pertamanya dari tahun 2016, banyak sih ini sebenarnya inspirasinya. Bisa dari macam-macam hal ya, mulai dari ketika saya jatuh cinta, saya bosan, diam-diaman, banyak sih," kata Nara Dewi Dewi.

Nara juga tak menampik bahwa puisi-puisi dalam buku tersebut kerap ia buat ketika dirinya sedang dalam keadaan sedih.

"Pas lagi galau ya ha ha ha. Kalau lagi galau itu rasanya gampang banget bikin puisi. Bisa juga patah hati, bete," tutur Nara Dewi Dewi.

Buku setebal 180 halaman ini berisi kurang lebih 60 buah judul puisi yang satu sama lain berkesinambungan. Laksmi dalam buku Dunia Laksmi sendiri merupakan tokoh ciptaannya yang diharapkan dapat mewakilkan inti isi dari buku tersebut.

(Liputan6.com/Surya Hadiansyah)

Terakhir, ia berharap tulisan-tulisannya dalam buku ini bisa memberikan banyak manfaat kepada para pembacanya.

"Dengan lisan mungkin orang akan mudah lupa apa yang kita katakan, tetapi kalau dengan cara menulis orang tentu bisa ingat terus. Jadi menulis menurut saya mungkin bisa memperpanjang hidup. Dan semoga orang yang membacanya bisa semakin mengerti dan tahu tentang puisi," tutup Nara Dewi Dewi.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Spesifikasi Mobil "Bleugatti" Milik Saksi Kunci Kasus E-KTP

Posted: 12 Aug 2017 09:36 PM PDT

Johannes Marliem, saksi kunci korupsi e-KTP, yang dikabarkan meninggal dunia karena bunuh diri ternyata seorang yang hobi otomotif. Tidak tanggung-tanggung, yang ia sukai adalah supercar Bugatti, yang harganya selangit.

Bugatti tersebut merupakan favoritnya. Bagaimana tidak, secara khusus ia punya nama panggilan "Bleugatti" yang sudah cukup dikenal kalangan pecinta supercar di Amerika Serikat (AS). Bleugatti sendiri merujuk pada mobil Bugatti berkelir biru miliknya.

Secara spesifik, mobil yang dimiliki Bleugatti adalah Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse. Laman bugatti.com, dikutip Minggu (13/8/2017), mendeskripsikan mobil ini sebagai "roadster produksi massal tercepat dan paling bertenaga di seluruh dunia."

Mobil ini pertama kali diperkenalkan di ajang Geneva Motor Show 2012. Sesaat setelah itu mobil sudah ludes terjual dan tidak lagi diproduksi sejak 2015 lalu.

Secara teknis, mobil ini dilengkapi dengan mesin 7.993 cc yang hasilkan tenaga raksasa, hingga 1.200 Tk pada 6.400 rpm dan torsi 1.500 Nm pada 3.000-5.000 rpm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi tujuh percepatan DSG. Emisinya rata-rata 539 g/km.

Mesin ini mampu membuat Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse melaju secepat kilat. Untuk mencapai 100 km/jam dari titik nol, hanya dibutuhkan waktu 2,6 detik saja. Sementara kecepatan maksimalnya mencapai 410 km/jam. Cepat betul.

Pesona Bleugatti tidak hanya sampai situ. Sebab bisa jadi, ia adalah orang pertama yang memboyong Bugatti Veyron 16.4 Grand Sport Vitesse ke California, Amerika Serikat (AS).

Menurut laman Autogespot, mobil ini pertama kali terlihat di Beverly Hills, tempat tinggal Bleugatti, pada pertengahan 2014 lalu. Aventarari, pengunggah foto, mengatakan kalau "pemiliknya bahkan punya instagram. Gratis untuk dilihat: @Bleu_Vitesse".

Melalui rekam jejak yang seperti ini, tidak heran kalau kabar kematian Marliem juga membawa duka kepada mereka yang punya hobi sama. Banyak anggota komunitas supercar di AS mengucapkan duka di akun Instagram mereka dengan tagar #bleugatti dan #ripbleugatti.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Menko Darmin Soal Masa Kecil, Bioskop dan Saham

Posted: 12 Aug 2017 09:32 PM PDT

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution berbagi cerita perihal bagaimana berinvestasi saham sudah ada sejak lama dan masih berbentuk sederhana, yaitu bisnis bioskop.

Ini ia sampaikan saat memberi sambutan pada acara peringatan 40 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia melalui kegiatan Stock Code Fun Walk di Gedung BEI, Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Darmin menuturkan, saat masih menempuh pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) di kampung halamannya, dirinya indekos di sebuah rumah milik pengusaha bioskop. Dia pun bisa menonton film gratis di bioskop tersebut setiap pekan.

"Saya teringat di kampung, sangat kampung jadi tidak ada di peta, google pun tidak mampu mengenalinya. Waktu SMP ngekos di kota kecamatan. Tempat saya ngekos, itu punya pemegang saham bioskop di kota kecamatan. Karena tempat kos saya pemegang saham biskop, bisa nonton bioskop sekali seminggu gratis," Darmin mulai bercerita.

Namun bukan nonton gratis yang  membuatnya kagum. Di daerah pelosok dan di era 1950-an, ternyata sudah ada usaha yang didanai sekumpulan orang seperti menanam saham, yaitu usaha bioskop tersebut.

"Hebat sekali tahun 50-an di pedalaman Sumatera, di kecamatan, kok bisa ada proyek kecil kemudian dibiayai dengan saham dikumpulkan oleh banyak pihak. Saya tidak tahu mekanismenya seperti apa, apakah ada underwriter? Pasti tidak," kata dia.

Namun di zaman yang sudah maju seperti sekarang, lanjut Darmin, sudah banyak perusahaan yang dibangun dengan model kepemilikan saham. Hal ini diharapkan bisa terus berkembang sehingga berdampak positif bagi perekonomian.

"Sekarang tantangannya, bagaimana menciptakan produk baru, mengerahkan berbagai perusahaan mulai dari besar sampai menengah dan kecil," tandas dia.


Tonton video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1 Pekan ke-19: PSM Makassar Buntuti MU

Posted: 12 Aug 2017 09:30 PM PDT

Pekan ke-19 Liga 1 baru saja menggelar lima laga. Persiangan memperebutkan posisi di empat besar klasemen semakin ketat.

PSM Makassar kembali merangsek ke posisi dua setelah menang tipis atas Persela Lamongan pada Sabtu (12/8/2017) kemarin. Tim berjuluk Juku Eja ini memiliki jarak satu poin dengan Madura United (MU) yang masih berada di puncak klasemen.

Sementara Persija Jakarta meneruskan tren positifnya di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi setelah menekuk Persiba Balikpapan. Macan Kemayoran menang 2-0 lewat gol pemain anyar Reinaldo Costa serta gol penalti Bruno Lopes.

Bergeser ke bigmatch Arema FC melawan Persib Bandung yang berakhir imbang 0-0. Singo Edan kembali gagal mendulang tiga poin dan hasil ini membuat mereka turun satu peringkat ke posisi delapan.

Di pekan ke-20 nanti, kedua tim akan menjamu tim papan bawah. Jika Singo Edan menghadapi Persiba Balikpapan di Kanjuruhan, Persib juga menjadi tuan rumah dari Gresik United.

Saksikan video menarik berikut ini:

Berikut klasemen sementara pekan ke-19 Liga 1.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indro Warkop: Tora Sudiro Itu Mirip Taufik Savalas

Posted: 12 Aug 2017 09:30 PM PDT

Tersangkutnya Tora Sudiro dalam kasus narkoba memberikan pukulan yang cukup keras kepada sahabat-sahabatnya. Terlebih bagi para pemain Warkop DKI Reborn, Vino G. Bastian, Abimana Aryasatya, dan Indro Warkop.

Namun, ketidakhadiran Tora Sudiro tak lantas mengendurkan semangat ketiganya dalam mempromosikan film tersebut. Sebaliknya, justru Tora menjadi penyemangat bagi ketiganya.

"Kami merasa semangat, karena dia (Tora Sudiro) kalau denger kita enggak semangat, dia yang kayak terpukul, dia malah marah. Jadi kekangenan kita, keinginan kita untuk bersama lagi kita tunjukkan dengan 'ayok semangat kita berbuat, kita promo'," kata Indro Warkop di kawasan Car Free Day, Sudirman, Minggu (13/8/2017).

Selain itu, Indro menilai sosok Tora Sudiro mirip dengan komedian legendaris, mendiang Taufik Savalas. Di mana pun berada, Tora bisa selalu memberikan hiburan bagi orang-orang di sekitarnya.

"Tora itu kayak Taufik Savalas. Sehari-hari juga menghibur kita. Jadi dari kita bertiga menghibur semuanya, tapi yang menghibur kita itu dia (Tora). Jadi ini hikmah yang besar banget, kita makin solid, dan untuk Tora sendiri ini sebuah pelajaran. Jadi ini hikmah," lanjut Indro Warkop.

Indro Warkop, Vino G Bastian, dan Abimana Aryasatya saat ini sedang terlibat dalam promo film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2. Ketiganya membagikan kopi gratis di kawasan Car Free Day Sudirman.

Namun, promo film tersebut minus kehadiran Tora Sudiro yang saat ini masih harus menjalani proses rehabilitasi terkait kasus narkoba yang menjeratnya.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heli Jatuh dan Terbakar Saat Pantau Demo Virginia, 2 Polisi Tewas

Posted: 12 Aug 2017 09:28 PM PDT

Sebuah helikopter kepolisian jatuh saat bertugas memantau aksi demonstrasi yang terjadi di Kota Charlottesville, Negara Bagian Virginia, Amerika Serikat pada Sabtu 12 Agustus 2017. Akibatnya, seluruh awak tewas.

Korban tewas adalah pilot Jay Cullen (48 tahun) dan awak Berke Bates (40 tahun). Keduanya merupakan anggota Kepolisian Negara Bagian Virginia. Demikian seperti dilansir CNN, Minggu (13/8/2017).

Helikopter itu jatuh di kawasan lebat pepohonan, tak jauh dari lokasi aksi protes di Charllotesville. Beruntung, tak ada orang di darat yang menjadi korban dalam peristiwa itu.

Semula, burung besi beserta awak ditugaskan untuk berpatroli dan memantau situasi demonstrasi. Namun, karena sebab yang belum diketahui, helikopter itu terjatuh, menghantam tanah, dan terbakar.

"Helikopter itu ditugaskan untuk membantu melakukan pemantauan di udara terkait situasi yang terjadi di Charlottesville," ujar pernyataan resmi dari kepolisian.

Otoritas setempat masih menyelidiki penyebab jatuhnya helikopter itu.

Gubernur Virginia Terry McAuliffe sangat berduka atas kematian Jay Cullen dan Berke Bates. Ia dan istri menganggap kedua almarhum sebagai 'kawan dekat'.

"Jay telah sering mengantarkan kami ke penjuru wilayah selama tiga setengah tahun terakhir. Sementara Berke adalah pria yang berdedikasi bagi keluarga dan pekerjaannya," jelas McAuliffe.

Belasungkawa turut diutarakan oleh Presiden Donald Trump pada 13 Agustus. Melalui akun Twitter-nya, ia berkata, "Turut berduka untuk para keluarga dan kepolisian Virginia atas meninggalnya dua petugas. Mereka adalah putra terbaik bangsa."

Selain kasus jatuhnya helikopter, demonstrasi di Charlottesville juga ditandai dengan kasus penabrakan sebuah mobil terhadap kelompok demonstran. Akibatnya, satu orang tewas dan 19 lainnya terluka ketika sedan jenis Dodge Challenger berkecepatan tinggi menabrak kerumunan.

Tensi tinggi sarat kekerasan tengah meningkat di Kota Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat sejak Sabtu 12 Agustus 2017. Hal itu dipicu oleh bentrokan antara dua kubu demonstran, yakni kelompok supremasi kulit putih dan kelompok oposisi.

Demonstrasi itu berujung baku hantam antara kedua kelompok. Aparat penegak hukum yang menangani aksi turut terlibat perkelahian dengan beberapa peserta. Sekitar 15 orang mengalami luka cukup serius akibat bentrok antar demonstran.

Kelompok supremasi kulit putih mengadakan demonstrasi demi menentang keputusan kota untuk menurunkan patung Robert E. Lee di Charlottesville. Lee merupakan komandan militer Konfederasi Amerika (CSA) pada masa Perang Sipil AS (1861 - 1865).

Aksi demo yang menentang penurunan patung Robert E. Lee itu bertajuk 'Unite the Right'. Seperti yang dikutip dari New York Times, demonstrasi itu menarik kelompok supremasi kulit putih, Ku Klux Klan, neo-Nazi, alt-Right dan individu berhaluan politik ekstrem kanan untuk ikut bergabung.

Sementara itu, kelompok demonstran oposisi berusaha menentang aksi protes yang dilakukan oleh kubu supremasi kulit putih. Kubu oposisi menganggap bahwa aksi yang dilakukan kelompok supremasi seakan membangkitkan kembali memori Perang Sipil dan isu rasialisme.

Kubu demonstran oposisi terdiri dari komunitas Afrika-Amerika, anti-fasis, kelompok agama, dan sejumlah individu berhaluan politik liberal.

Merespons rangkaian kekerasan yang terjadi Charlottesville, Gubernur Virginia Terry McAuliffe menetapkan status darurat di kawasan tersebut.

Melalui akun Twitter-nya, McAuliffe mendeklarasikan bahwa otoritas negara bagian akan turun tangan menangani Charlottesville demi meredakan kekerasan dan memulihkan ketertiban.

Sang gubernur juga mengimbau kepada kelompok supremasi kulit putih untuk membubarkan diri. "Pulanglah. Kalian patut merasa malu," katanya.

Wali Kota Charlottesville Mike Signer turut mengimbau hal yang sama. Ia mengatakan, "Sangat sedih akibat nyawa yang hilang di sana. Pulanglah kalian semua."

 

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Mengaku Belum Dengar Rekaman Milik Johannes Marliem

Posted: 12 Aug 2017 09:22 PM PDT

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengaku belum tahu terkait kabar kepemilikan rekaman pertemuan antara penggarap proyek e-KTP yang selama ini dipegang Direktur PT Biomof Line LLC almarhum Johannes Marliem.

"Saya belum dengar rekaman atau membaca dokumen tentang apa yang almarhum sebutkan di media," ujar Saut saat dikonfirmasi, Minggu (13/8/2017).

Kepada awak media, Johanes Marliem sempat mengaku memiliki bukti rekaman pertemuan para pihak yang diduga membancak proyek e-KTP. Johannes mengaku menyimpan rekaman tersebut selama empat tahun lamanya.

Dalam pertemuan tersebut dikabarkan hadir pula Ketua DPR Setya Novanto yang kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP. Namun kini Johannes Marliem sudah meninggal dunia yang diduga bunuh diri di kediamannya di Los Angeles, Amerika Serikat.

Saut mengatakan, pihaknya masih belum bisa menjelaskan lebih jauh apakah bukti rekaman yang dimiliki Johannes Marliem bisa membuat lebih terang perkara yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu.

"Apa kualitas dan kuantitas buktinya seperti apa, saya belum tahu. Apa berguna buat KPK atau tidak," kata dia.

Menurut Saut, meski rekaman tersebut seandainya tidak sempat dilihat oleh penyidik KPK, perkara yang melibatkan banyak pihak di DPR dan Kemendagri ini akan terus berjalan dengan bukti yang telah dimiliki oleh lembaganya.

"Tunggu dulu lah, kita masih mau konfirmasi dulu seperti apa posisi yang bersangkutan dalam kaitan bukti-bukti," terang Saut.

Saksi kunci kasus e-KTP Johannes Marliem meninggal dunia di kediamannya Los Angeles, Amerika Serikat, Jumat 11 Agustus 2017. Sengaja atau tidak, kepolisian AS masih menyelidikinya.

Namun, Peneliti Indonesian Corruption Watch (ICW) Donal Fariz curiga ada upaya sistematis dalam melawan KPK terkait dengan kematian Marliem. Upaya ini dia curigai terjadi sejak penyerangan terhadap Kasatgas Kasus e-KTP Novel Baswedan, Selasa 11 April 2017.


Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ulang Tahun ke-20, Kylie Jenner Tidak Bahagia

Posted: 12 Aug 2017 09:20 PM PDT

Kylie Jenner baru saja berulang tahun ke-20 pada 10 Agustus 2017 kemarin. Namun, anak bungsu Kris Jenner itu tak senang, lantaran ia ingin lebih cepat berusia 21 tahun. Pasalnya di usia itu, wanita yang memiliki bibir sensual ini sudah diperbolehkan mengonsumsi alkohol.

"Aku pikir usia 21 tahun akan lebih menyenangkan. Karena di usia itu aku dapat mencoba alkohol yang selama ini belum pernah aku coba sebelumnya," ungkap bintang reality show "Life of Kylie" itu dilansir dari E! News, Sabtu (12/8/2017).

Ungkapannya itu sontak membuat semua orang kaget. Maklum saja, pada 2013 lalu Kylie Jenner  dan kakaknya, Kendall dikabarkan telah mengonsumsi alkohol di sebuah club secara ilegal.Padahal saat itu keduanya masih berusia 15 dan 17 tahun.

Tak sampai di situ, adik bungsu Kim Kardashian itu juga dikabarkan mengonsumi alkohol secara ilegal saat merayakan ulang tahunnya ke-18 pada 2015 lalu. Dan dua bersaudara itu memalsukan identitas demi mencoba minuman beralkohol.

Semua rumor itu pun langsung dibantah oleh ibundanya. Kris Jenner mengungkap bahwa kedua putrinya tidak mengonsumsi alkohol kala itu, apalagi sampai memalsukan identitas.

Tak hanya sang Ibu, Kylie Jenner juga memberikan klarifikasi melalui akun Twitternya. Ia mengungkap bahwa ia dan kakaknya tidak pernah mengonsumsi alkohol atau memalsukan identitas.

 

Simak video menarik di bawah ini : 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama Enam Gol Warnai Watford Vs Liverpool

Posted: 12 Aug 2017 09:15 PM PDT

Liverpool gagal meraih kemenangan di pekan perdana Liga Inggris 2017/2018. The Reds dipaksa bermain imbang 3-3 oleh tuan rumah Watford berkat gol di detik-detik akhir, Sabtu (12/8/2017). 

Bermain di kandang sendiri, Watford unggul lebih dulu pada menit delapan lewat sundulan penyerang Stafeno Okaka. Liverpool baru bisa membalas di menit 29 melalui gol indah Sadio Mane.

Namun sontekan Abdoulaye Doucoure di menit 32 membuat Watford menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Liverpool kembali menyamakan skor di menit 55 berkat penalti Roberto Firmino. Dua menit kemudian, The Reds berbalik unggul. Mohamed Salah mencetak gol perdananya untuk Liverpool dengan menyambar bola sepakan Firmino.

Kemenangan Liverpool yang sudah didepan mata sirna di menit 93. Miguel Britos mencetak gol penyeimbang. Bola liar mengenai Britos dan masuk ke gawang Liverpool.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PCNU Bogor: Full Day School Lebih Banyak Mudaratnya

Posted: 12 Aug 2017 09:08 PM PDT

Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bogor menolak program full day school atau lima hari sekolah yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

"Kalau tujuannya untuk pendidikan duniawi, saya menolak karena lebih banyak mudaratnya," ujar Ketua PCNU Kabupaten Bogor Romdoni, di Cipelang, Cijeruk, Bogor, Sabtu 12 Agustus 2017.

Dia menyatakan, lembaga pendidikan agama Islam selama ini mampu mengubah karakter bangsa dengan baik. Tak hanya itu, lima hari sekolah tidak akan bermakna sebagai pendidikan karakter jika madrasah diniyah dan taman pendidikan Alquran (TPQ) gulung tikar.

Menurutnya, yang lebih dikhawatirkan full day school adalah akan membuat anak tidak bisa belajar mengaji atau menghafal alquran yang rutin mereka lakukan di majelis taklim maupun di madrasah.

"Karena sudah terlalu capek bersekolah seharian, anak-anak jadi malas belajar mengaji. Habis magrib pasti buat istirahat sambil nonton televisi," terang dia.

Dengan begitu, anak-anak akan jauh dari pengetahuan agama sehingga berimplikasi pada menurunnya moral dan mental anak bangsa.

"Kalau di sekolah formal belajar agama hanya seadanya saja, berbeda dengan di majelis atau madrasah diniyah, lebih mendalam," terang Romdoni.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Detik-Detik Atlet Lari Halang Rintang Jatuh Hingga Ditandu ke Luar Lintasan

Posted: 12 Aug 2017 09:05 PM PDT

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John kehilangan keseimbangan saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AFP PHOTO/Glyn KIRK)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John kehilangan keseimbangan saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AFP PHOTO/Glyn KIRK)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John kehilangan keseimbangan saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AFP PHOTO/Glyn KIRK)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John kehilangan keseimbangan saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AFP PHOTO/Glyn KIRK)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John tertelungkup setelah terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AFP PHOTO/Glyn KIRK)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John tertelungkup setelah terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AFP PHOTO/Glyn KIRK)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John (tengah) tertelungkup setelah terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/David J. Phillip)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John (tengah) tertelungkup setelah terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/David J. Phillip)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John tertelungkup setelah terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/Matt Dunham)

Atlet asal Trinidad dan Tobago, Deborah John tertelungkup setelah terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia yang digelar di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/Matt Dunham)

Petugas medis memberikan pertolongan kepada atlet Trinidad dan Tobago, Deborah John yang cedera usai terjatuh dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/Matt Dunham)

Petugas medis memberikan pertolongan kepada atlet Trinidad dan Tobago, Deborah John yang cedera usai terjatuh dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/Matt Dunham)

Petugas medis menandu atlet Trinidad dan Tobago, Deborah John yang cedera usai terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/Matt Dunham)

Petugas medis menandu atlet Trinidad dan Tobago, Deborah John yang cedera usai terjatuh saat melewati rintangan kelima dalam cabang lari halang rintang 100 meter putri Kejuaraan Atletik Dunia di Stadion London, Inggris (11/8). (AP Photo/Matt Dunham)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tanda Tersurat Pasangan Kencan Tak Menyukai Anda

Posted: 12 Aug 2017 09:02 PM PDT

Saat kencan dengan seseorang, Anda mungkin berharap ia akan tertarik. Jika demikian, Anda pun dapat melanjutkan kencan menjadi hubungan yang lebih serius kemudian.

Namun, yang dinamakan kencan, belum tentu pasangan tertarik dengan Anda. Barangkali ia hanya merasa lebih baik berteman. Tak perlu sakit hati, Anda bisa mengetahui hal ini sebenarnya dari tanda-tanda samar atau tersurat yang mereka berikan.

Saat mereka tak tertarik menjadikan Anda pasangan mereka, ini tanda yang mungkin mereka berikan. Sehingga ketika sudah melihat tanda ini, buang jauh-jauh ekspektasi hubungan Anda berlanjut lebih jauh.

Mata dipercaya sebagai bagian tubuh yang paling jujur. Maka gerakan mata akan menunjukan apa yang dirasakan seseorang sejujurnya. Hal ini mungkin berbeda dengan apa yang diucapkan.

Saat Anda berkencan, perhatikan gerakan mata pasangan. Para ilmuan dari Wellesley College University of Kansas menemukan, apabila seseorang melihat ke kaki pasangan kencan mereka, mereka cenderung tidak tertarik.

Mereka melakukan penelitian kepada 105 orang heteroseksual untuk menyimpulkan ini. Mereka diminta melihat foto lawan jenis dan peneliti mencatat gerakan matanya. Bila melihat ke bawah, mereka cenderung mengatakan tidak.

"Namun, apabila tertarik, pria cenderung akan melihat bagian dada wanita, sementara wanita cenderung melihat wajah," kata peneliti seperti dilansir dari Metro, Sabtu (12/8/2017).

 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam Sepekan, 60 Anak Tewas Saat Dirawat di Rumah Sakit India

Posted: 12 Aug 2017 09:02 PM PDT

Sebuah rumah sakit milik pemerintah negara bagian Uttar Pradesh, India tengah mendapat sorotan. Pasalnya, 60 anak yang tengah dirawat di rumah sakit itu tewas.

Ada dugaan, suplai oksigen dihentikan akibat banyaknya tagihan yang belum dibayarkan.

Pejabat di negara bagian itu mengakui bahwa pasokan oksigen yang diberikan kepada pasien anak-anak terganggu, namun hal itu tidak menyebabkan kematian mereka.

Dikutip dari BBC, pada Minggu (13/8/2017) ada kepanikan di rumah sakit kala para anggota keluarga mencoba membantu staf medis yang tengah menggunakan tas pernafasan manual ketika pasokan oksigen berhenti.

Menurut media setempat, sebagian besar korban yang pasokan oksigen berhenti adalah pasien di ruang unit bayi yang baru dilahirkan serta pasien anak ensefalitis atau radang otak.

Kematian tersebut terjadi selama sepekan ini mulai hari Senin di rumah sakit Baba Raghav Das di distrik Gorakhpur. Tiga puluh kematian terjadi antara Kamis dan Jumat saja, kata rumah sakit tersebut.

Pejabat distrik Anil Kumar mengakui ada "masalah pembayaran" dengan pemasok, namun mengatakan bahwa kematian tersebut dapat disebabkan oleh penyebab "alami" karena banyak pasien dirawat dalam kondisi "serius".

Wilayah Uttar Pradesh merupakan negara bagian yang paling miskin di India dan mencatat ratusan kematian anak-anak akibat penyakit, termasuk ensefalitis, setiap tahun.

Dalam Sepekan, 60 Anak Tewas Saat Dirawat di Rumah Sakit India (AFP)

"Kami akan mendapatkan lebih banyak tabung oksigen cair malam ini atau besok, dan juga membereskan iuran dengan pemasok," kata Kumar.

Menteri Kesehatan Negara Sidharth Nath Singh juga menolak bahwa anak-anak tersebut meninggal karena kekurangan oksigen. Ia berdalih rata-rata korban tewas tiap hari selama bulan Agustus di rumah sakit itu memang tinggi dalam tiga tahun terakhir. Tidak jelas apakah kematian ini hanya terkait kasus di antara anak-anak saja atau termasuk pasien dewasa. 

"Tidak ada kekurangan oksigen di rumah sakit. Selama dua jam, ada kekurangan tabung darurat, di mana prosedur resusitasi manual dilakukan," katanya.

Paman seorang gadis berusia 11 tahun yang meninggal di rumah sakit mengatakan kepada saluran berita ABP: "Kami tidak tahu apa yang terjadi pada saat itu. Staf hanya menyuruh kami untuk terus menekan tas buatan. Kami terus melakukan itu untuk beberapa waktu."

Dalam sebuah pernyataan, rumah sakit tersebut mengatakan "tekanan pasokan oksigen cair menjadi rendah namun cadangan tabung oksigen telah dikeluarkan."

"Tapi usaha itu tidak menentukan apakah telah mengakibatkan kematian dan mengapa begitu banyak anak meninggal dalam dua hari saja," lanjut pernyataan rumah sakit.

Kasus tersebut telah memicu kemarahan di India, menggambarkannya sebagai pembantaian, wartawan BBC Sanjoy Majumder di New Delhi melaporkan.

Pemimpin oposisi telah dikritik karena mencoba mempolitisir masalah tersebut karena menyalahkan Partai Bharatiya Janata penguasa negara bagian tersebut.

Adapun Bharatiya Janata adalah partai dari Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Pejabat pusat India mengatakan sebuah penyelidikan telah diluncurkan, dan PM Modi mengatakan di Twitter bahwa dia terus memantau situasi.

 

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pidato Jenaka Bocah Ngapak, 'Kenalna Nyong Gadis'

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

Riuh rendah tawa penonton mewarnai lomba berpidato dan puisi berbahasa ngapak atau penginyongan anak-anak SD yang digelar di Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu 12 Agustus 2017.

Uniknya, anak-anak ini tetap serius tanpa terpengaruh tawa penonton yang mendapati kosakata lucu ketika berpidato. Misalnya ketika seorang peserta, Gadis, memperkenalkan diri di hadapan penonton dan dewan juri.

"Kenalna, Nyong Gadis, sekang Es-De Cingebul papat. Janjane nyong wong blekethir, najan kaya kuwe, nyong garep aweh sepethil gendhu-gendhu rasa maring rika pada," ujar Gadis ketika memperkenalkan diri, sebelum berpidato.

Kurang lebih arti pembukaan pidato itu adalah, "Perkenalkan, nama saya Gadis, dari SD Negeri 4 Cingebul. Sebenarnya saya hanyalah orang kecil, tetapi saya memiliki unek-unek yang ingin disampaikan kepada Anda semua". 

Sontak, munculnya kosakata blekethir yang berarti "wong cilik" atau rakyat kebanyakan ini memicu tawa penonton lantaran sudah amat jarang dipakai. Tampaknya, gadis cilik itu tak terpengaruh dengan tawa penonton. Ia pun tetap meneruskan pidatonya meski ditingkahi "ger-geran" sepanjang pidato.

Memperingati Hari Ulang Tahun RI ke-72 tahun 2017, Pemerintah Desa Cingebul, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas menggelar berbagai lomba, mulai anak hingga dewasa. Salah satu yang unik adalah lomba berpidato dan berpuisi dalam bahasa ngapak, atau basa pangiyongan, bahasa khas Banyumasan.

Kepala Desa Cingebul, Khusnadin, mengatakan lomba pidato bahasa ngapak itu merupakan rangkaian berbagai lomba yang digelar panitia HUT RI Desa Cingebul 2017. Dua tahun terakhir, desa ini menggelar lomba berpidato dan berpuisi dengan bahasa ngapak.

"Kami mengadakan lomba puisi dan pidato bahasa ngapak, atau basa pengiyongan untuk melestarikan bahasa asli Banyumas yang kini justru makin jarang dipakai oleh masyarakat. Kami ingin menumbuhkan kecintaan terhadap bahasa sendiri," kata Khusnadin.

Khusnadin mengungkap, anak muda Banyumas, kebanyakan enggan berbahasa ngapak lantaran malu. Sebab, sering kali, di televisi, orang berbahasa ngapak diidentikkan dengan orang kampungan dan "ndeso".

"Kami ingin agar anak-anak bangga dengan bahasa ibunya. Sekarang, bahasa ngapak makin jarang digunakan. Apalagi kalau keluar daerah," ujarnya.

Sementara, Ketua Dewan Juri Lomba Pidato dan Puisi Bahasa Ngapak, Sri Rasati mengatakan, di sekolah-sekolah, bahasa ngapak diajarkan sebagai muatan lokal. Dia pun mengakui, saat ini banyak masyarakat yang tak lagi menguasai kosakata-kosakata dalam bahasa ngapak. Itu sebabnya, ketika diucapkan, kosakata itu terdengar lucu.

"Memang basa ngapak semakin jarang digunakan. Artinya, untuk kosakata sehari-hari itu biasa. Tetapi, untuk kosakata lainnya, memang sangat jarang digunakan," Sri Menjelaskan.

Sri menambahkan, sebanyak 12 siswa dari lima sekolah dasar di Cingebul mengikuti lomba ini. Dia pun sudah mengantongi nama juara puisi dan pidato itu. Pemenang akan diumumkan pada malam puncak HUT RI-72 Desa Cingebul, 17 Agustus 2017 mendatang.

"Bukan juaranya yang kita cari. Tetapi, bagaimana agar bahasa ngapak kita ini tetap terjaga dan lestari," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Canggih, Kereta di Tiongkok Dapat Melaju Kencang Tanpa Rel

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

Kereta merupakan transportasi tercepat untuk menghindari kemacetan. Biasanya, kereta menggunakan rel untuk menunjang perjalanannya, tapi saat ini ada inovasi moda transportasi baru dari Negeri Tirai Bambu. Kereta masa depan ini tidak membutuhkan rel untuk melaju. Keren bukan?

Kereta Autonomous Rail Transit atau ART sudah diperkenalkan di Zhuzhou, Provinsi Hunan, Tiongkok. Transportasi masa depan ini dapat melaju di jalanan tanpa melaju di atas rel. Dengan hadirnya kereta virtual ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan di berbagai kota besar Tiongkok.

Kereta ini juga diklaim sebagai kereta yang ramah lingkungan. ART menggunakan baterai agar dapat melaju dan mampu menampung maksimal 3.017 penumpang. 

Sayangnya, kereta ini tidak melewati beberapa rute. ART memiliki sensor yang membuatnya tetap melaju di jalan yang telah ditentukan. Transportasi ini diharapkan dapat beroperasi di Tiongkok pada tahun 2018 mendatang agar warga dapat segera menikmatinya. 

Michelle Tania

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kecerdasan Buatan Mampu Diagnosis Alzheimer Lebih Dini

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

Kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) tengah menjadi topik hangat di kalangan perusahaan teknologi dunia. Beberapa bidang diperkirakan akan mendapat manfaat dari penerapan kecerdasan buatan.

Salah satunya adalah bidang kedokteran. Kecerdasan buatan disebut mampu menganalisis sejumlah besar data yang memungkinkan dokter melakukan studi, diagnosis, dan pencegahan suatu penyakit.

Terkini, sebagaimana dikutip dari World Economic Forum, Minggu (13/8/2017), teknologi ini diyakini mampu mendiagnosis penyakit Alzheimer lebih dini.

Hal ini dimungkinkan berkat penggunaan machine learning, yang menggunakan algoritma tertentu dalam mempelajari dan mengolah sejumlah data.

Cara kerja machine learning, dalam contoh sederhana, mirip seperti Siri memelajari suara penggunanya dan Facebook memprediksi jenis konten apa saja yang disukai penggunanya.

Untuk melakukan ini, peneliti menerapkan algoritma multilayer clustering guna menganalisis sejumlah besar data, yang diambil dari penelitian Alzheimer's Disease Neuroimaging Initiative. Data tersebut bersumber dari tes kognisi, pemindaian otak, dan cairan tulang belakang. Adapun penelitian ini melibatkan 562 orang yang mengalami gangguan kognitif ringan.

(Why/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

‎Pengantin Baru, Sheza Idris Tak Mau Buru-Buru Dapatkan Ini

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

Sheza Idris resmi dinikahi sang kekasih, Surya Ibrahim. Akad nikah Sheza-Surya digelar di kawasan Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (12/8/2017) pagi.

Sebagai pengantin baru, Sheza Idris pun mendapat pertanyaan soal keinginan memiliki momongan. Pesinetron Luv ini mengaku santai dan tak mau terburu-buru memiliki anak.

"Kalau soal anak enggak gimana-gimana. Ya tergantung Allah kasihnya. Kalau ada disyukuri aja," ujar Sheza Idris usai akad nikah.

Begitu pun ketika ditanya soal bulan madu. Surya ingin fokus pada pendidikannya di Amerika sembari memboyong Sheza Idris ke negeri Paman Sam. Kemungkinan, momen itu akan dijadikan sebagai ajang berbulan madu.

"Enggak tahu ya (bulan madu) tapi Sheza akan temani aku di Amerika, dia temani sampai selesai S2 di sana. Yang penting memang support aja gimana baiknya," ucap Surya.

Surya pun memperkirakan pendidikannya baru akan selesai sekitar setahun lagi. "Enggak lama-lama di sana, karena kan kami masih punya keluarga di Indonesia. Mungkin setahun-lah di sana sampai aku selesai," terangnya. (Ras)‎

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Gunung Kidul Akan Layani Pesawat Pribadi dan ATR

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

Pemerintah terus berupaya membangun infrastruktur transportasi di Indonesia. Salah satunya dengan merencanakan pembangunan bandara di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan pembangunan bandara tersebut dimulai pada 2018 dan ditargetkan selesai paling lambat tahun 2019.

"Bandara Gading kan dimiliki oleh TNI Angkatan Udara. Kalau KSAU setuju, pembangunannya akan dimulai pada tahun 2018 dan paling lambat 2019 sudah bisa selesai," kata Menhub dalam keterangannya, Minggu (13/8/2017).

Terkait rencana pembangunan bandara ini, pemerintah pertama kali akan menghadap ke Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) untuk menginformasikan ada bandara yang belum dikelola dengan baik.

Setelah itu, memberitahukan rencana menjadikan Bandara Gunung Kidul sebagai bandara yang bisa melayani kegiatan-kegiatan turis. Di lokasi ini juga akan segera dibangun berbagai infrastruktur pendukung. "Panjang landasan terbangnya sekitar 1.600 meter," jelas Menhub.

Nantinya, Menhub mengatakan, hanya jet pribadi dan pesawat jenis ATR yang bisa mendarat di landasan tersebut.

Pembangunan bandara ini dikatakan sejalan dengan rencana Gunung Kidul menjadikan pariwisata sebagai industri unggulan.

"Saya salut dengan kabupaten Gunung Kidul. Di sini akan ada Bandara Gading, sebagai bandara kedua selain Kulonprogo. Hal ini sejalan dengan Gunung Kidul yang merencanakan pariwisata sebagai industri unggulan. Untuk itu, koneksitas udara sangat penting," tambah Budi Karya.

Wakil Bupati Gunung Kidul Immawan Wahyudi menyambut baik rencana pembangunan tersebut. "Kami akan mendukung penuh program Pemerintah. Dampaknya sudah kami perhitungkan. (Penerbangan) dari Australia akan memberikan efek luar biasa dari wisman (wisata mancanegara)," ujar Immawan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Tony Parker Ingin Kembali Januari 2018

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

Bintang San Antonio Spurs, Tony Parker, menargetkan bisa kembali bermain di NBA lagi dalam kurun empat sampai lima bulan mendatang. Proses pemulihan pria Prancis itu berjalan dengan baik. 

Parker mengalami cedera pecah otot tendon saat play-off, tepatnya pada gim kedua melawan Houston Rockets. Cederanya Parker membuat Spurs harus terhenti di final Wilayah Barat NBA musim lalu.

Akibat cedera tersebut, Parker harus menjalani operasi pada 5 Mei lalu. Setelah beristirahat sekitar tiga bulan, kondisi Parker sudah semakin membaik. Dia sudah bisa mulai berlari.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana, Parker kemungkinan sudah bisa bermain di NBA lagi pada Januari 2018.

"Ini semakin membaik. Saya mulai berlari sedikit. Saya berjalan dengan baik. Saya pikir ini masih akan menjadi proses yang panjang. Ini masih akan berlangsung sekitar empat atau lima bulan lagi tapi saya senang dengan perkembangannya," ujar Parker, seperti dikutip dari LMT Online.

Selama Parker absen, pemain asal Australia Patty Mills kemungkinan akan mendapat banyak menit bermain pada awal musim NBA 2017/2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Komitmen PERDOSKI untuk Keamanan Kosmetika Indonesia

Posted: 12 Aug 2017 09:00 PM PDT

PERDOSKI (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia) dan L'Oreal Indonesia mengukuhkan komitmen mereka terhadap keamanan kosmetika di Tanah Air. Hal ini disampaikan dalam Kongres Nasional (KONAS) XV PERDOSKI 2017, yang diadakan pada tanggal 10-13 Agustus di Crowne Plaza Hotel, Semarang.

"Indonesia adalah negara yang sangat potensial untuk berkembangnya pasar, termasuk sektor kecantikan. Di tengah pesatnya globalisasi dan perkembangan di dunia, tentu Indonesia tidak boleh ketinggalan. Untuk dapat bersaing, kita perlu memastikan kompetensi dermatologis dari Indonesia," ujar Dr. Syarief Hidayat Sp.KK, FINSDV, FAADV, Ketua Umum Pengurus Pusat PERDOSKI, ditulis Minggu (13/8/2017). Menurutnya, pengembangan potensi ini tidak mungkin dapat berjalan tanpa kerja sama dan dukungan dari sektor industri.

Menurut Dewi Rijah Sari, Direktur Scientific & Regulatory Affairs L'Oreal Indonesia, industri kecantikan Indonesia terus berkembang pesat. Pertumbuhan pertahunnya rata-rata mencapai 10 persen.

BPOM sendiri mencatat ada sekitar 100 ribu lebih merk kosmetik baru dalam lima tahun terakhir. Menurut Dewi, hal ini karena konsumen Indonesia semakin berani.

"Tantangan sekarang karena semakin banyak produk yang beredar di pasaran serta besarnya pengaruh media sosial. Konsumen lebih berani mencoba beragam produk dan mengesampingkan risiko dari penggunaan produk kecantikan yang belum terjamin keamanannya," lanjut Dewi lagi.

Karena jumlah pemakainya terus bertambah, produknya juga semakin banyak dan beragam, dibutuhkan kesadaran dan kecermatan konsumen dalam memilih kosmetika yang benar. Konsumen harus memastikan, kosmetika yang mereka gunakan sudah layak uji keamanan sebelumnya.

Dan komitmen memastikan keamanan kosmetika sekaligus meningkatkan kesadaran dan kecerdasan konsumen inilah yang dipegang oleh PERDOSKI dan L'Oreal Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Tabrak Peserta Demonstrasi Virginia, Satu Orang Tewas

Posted: 12 Aug 2017 08:46 PM PDT

Satu orang tewas dan 19 lainnya terluka ketika sebuah mobil berkecepatan tinggi menabrak kerumunan demonstran di Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat pada Sabtu 12 Agustus 2017. Peristiwa itu semakin meningkatkan tensi tinggi yang sarat akan kekerasan dalam rangkaian aksi protes yang terjadi di kota itu. 

Korban merupakan seorang perempuan berusia 32 tahun. Demikian seperti dilansir The Guardian, Minggu (13/8/2017).

Para korban luka mendapatkan penangan medis di lokasi kejadian. Mereka yang berstatus kritis segera dilarikan ke rumah sakit oleh petugas.

Sementara itu, kepolisian setempat telah menciduk pengemudi dan mobil nahas tersebut. Pelaku bernama James Field, berusia 20 tahun, berasal dari Negara Bagian Ohio.

Ia mengendarai sedan Dodge Challenger berwarna abu-abu bernomor seri Ohio.

"Pelaku telah didakwa dengan pasal pembunuhan dan penganiayaan," jelas Martin Kumer, otoritas penegak hukum di Charlottesville.

Tensi tinggi sarat kekerasan tengah meningkat di Kota Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat sejak Sabtu 12 Agustus 2017. Hal itu dipicu oleh bentrokan antara dua kubu demonstran, yakni kelompok supremasi kulit putih dan kelompok oposisi.

Menurut saksi mata, mobil Dodge Challenger yang dikemudikan pelaku melaju kencang ke kerumunan demonstran kubu oposisi. Melihat sebuah sedan berkecepatan tinggi mengarah ke mereka, kerumunan mendadak panik melarikan diri.

Mereka yang tidak berhasil menepi, tertabrak oleh sedan tersebut. Sejumlah foto menunjukkan beberapa orang terhempas dan terlempar ke udara akibat kencangnya laju mobil. 

Mobil kemudian berhenti setelah menabrak kendaraan roda empat lain yang terparkir di tepi jalan tak jauh dari lokasi kejadian. Pelaku hendak melarikan diri, namun berhasil diamankan oleh aparat.

Diduga, pelaku berasal dari kelompok supremasi kulit putih.

Selain kasus penabrakan, demonstrasi di Charlottesville juga ditandai dengan jatuhnya sebuah helikopter aparat kepolisian negara bagian. Seorang pilot dan satu petugas helikopter itu, tewas.

Helikopter itu bertugas untuk memantau riuh aksi protes dari udara. Belum diketahui secara jelas penyebab jatuhnya burung besi itu.

Peristiwa penabrakan dan jatuhnya helikopter itu menandai titik didih dari tensi tinggi dalam rangkaian demonstrasi.

Aksi protes itu berujung baku hantam antara kedua kelompok. Aparat penegak hukum yang menangani aksi turut terlibat perkelahian dengan beberapa peserta.

Sekitar 15 orang mengalami luka cukup serius akibat bentrok antar demonstran.

Kelompok supremasi kulit putih mengadakan demonstrasi demi menentang keputusan kota untuk menurunkan patung Robert E. Lee di Charlottesville. Lee merupakan komandan militer Konfederasi Amerika (CSA) pada masa Perang Sipil AS (1861 - 1865).

Aksi demo yang menentang penurunan patung Robert E. Lee itu bertajuk 'Unite the Right'. Demonstrasi itu menarik kelompok supremasi kulit putih, Ku Klux Klan, neo-Nazi, alt-Right dan individu berhaluan politik ekstrem kanan untuk ikut bergabung.

Sementara itu, kelompok demonstran oposisi berusaha menentang aksi protes yang dilakukan oleh kubu supremasi kulit putih. Kubu oposisi menganggap bahwa aksi yang dilakukan kelompok supremasi seakan membangkitkan kembali memori Perang Sipil dan isu rasialisme.

Kubu demonstran oposisi terdiri dari komunitas Afrika-Amerika, anti-fasis, kelompok agama, dan sejumlah individu berhaluan politik liberal.

Merespons rangkaian kekerasan yang terjadi Charlottesville, Gubernur Virginia Terry McAuliffe menetapkan status darurat di kawasan tersebut.

Melalui akun Twitter-nya, McAuliffe mendeklarasikan bahwa otoritas negara bagian akan turun tangan menangani Charlottesville demi meredakan kekerasan dan memulihkan ketertiban.

Sang gubernur juga mengimbau kepada kelompok supremasi kulit putih untuk membubarkan diri. "Pulanglah. Kalian patut merasa malu," katanya.

Wali Kota Charlottesville Mike Signer turut mengimbau hal yang sama. Ia mengatakan, "Sangat sedih akibat nyawa yang hilang di sana. Pulanglah kalian semua."

 

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ARRC: Wahyu Aji Bidik Juara di Race 2 UB150

Posted: 12 Aug 2017 08:45 PM PDT

Pembalap Yamaha Racing Indonesia (YRI), Wahyu Aji Trilaksana, sukses merebut podium dua pada race 1 kelas Underbone 150 cc (UB150) di Sirkuit Sentul, Sabtu (12/8/2017). Kini, Aji bakal kembali membuktikan ketangguhan motor Yamaha MX King 150 yang menjadi tunggangannya pada race 2, Minggu (13/8/2017).

Ketangguhan tunggangan Aji sudah terlihat sejak dia sukses rebut superpole dan berada di grid terdepan saat start. Kurang beruntung, Aji belum bisa juara di race 1 karena kalah cepat dari pembalap Malaysia, Akid Aziz.

"Terima kasih untuk semua yang telah mendukung saya. Pada awal lap, saya mencoba untuk tenang dahulu menjaga ketahanan mesin. Baru kemudian memasuki lap ke-5, saya mulai mencoba untuk menekan & sempat memimpin rombongan. Namun, di lap akhir perlawanan sangat ketat sekali dan saya harus finis di urutan ke-2. Semoga di race ke-2 bisa finis di podium terbaik," kata pembalap asal Purwokerto ini.

Wahyu Aji mendapat tambahan 20 poin karena finis dua di race 1 UB150 ARRC seri 4 di Sentul. Aji masih berada di posisi dua klasemen sementara kategori UB150 dengan 99 poin. Hasil di race 1 diharapkan bisa jadi motivasi jelang race 2.

"Hasil race pertama cukup baik, Wahyu Aji dapat menambah 20 poin. Harapannya di race ke-2 bisa menambah nilai kembali dari ketertinggalan 19 poin dengan rider Malaysia, Md. Akid," kata Wahyu Rusmayadi, manajer tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Rey Ratukore belum maksimal saat tampil di race 1 kategori AP250 (dok: Yamaha)

Sementara itu, di kelas Asia Production 250 (AP250), Galang Hendra yang menunggangi Yamaha YZF-R25 dapat finis ke-5. Galang sempat tertahan rider Thailand sebelum kemudian dapat melibasnya di lap akhir.

"Alhamdulillah, saya bisa bersaing di rombongan kedua. Sangat disayangkan saya lama tertahan dengan Anupab Sarmoon. Pada lap akhir, saya baru bisa masuk & finish di posisi ke-5. Semoga race 2 bisa lebih baik lagi," kata racer asal Yogyakarta berusia 18 tahun yang membela tim Yamaha Racing Indonesia (YRI).

Sementara itu, rekan se-tim Galang Hendra, yaitu Rey Ratukore, tidak dapat optimal. Rey Ratukore yang sebetulnya start dari posisi kedua mengaku tidak menemukan ritme pertarungan.

"Tiga lap awal saya bisa konstan di grup ke-2, namun masuk pertengahan lap mulai kehilangan ritme tidak seperti di kualifikasi. Race 2 akan lebih berusaha lagi untuk bisa dapatkan hasil yang baik," ujar Rey Ratukore.

YRi berharap hasil lebih baik direbut pembalap mereka di race 2 AP250. Para teknisi akan mengevaluasi output di race ke-1 dan memikirkan opsi pengaturan lainnya. Tentu saja, akan diuji coba dahulu dalam sesi pemanasan Minggu pagi.

"Modal race 1 ini akan kita aplikasikan di race ke-2. Semoga hasil race dua bisa memperoleh hasil yang lebih baik," ujar Wahyu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Pertahanan Gelar Pameran Alutsista Karya Anak Bangsa

Posted: 12 Aug 2017 08:44 PM PDT

Kementerian Pertahanan (Kemhan) menyelenggarakan Pameran Produk Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista). Pameran ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan RI.

"Pameran ini adalah sebagai sarana meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan kita pada Tanah Air. Pameran ini juga menjadi media pembelajaran tentang produk alutsista industri pertahanan Indonesia," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pertahanan Laksamana Madya TNI Widodo di Lapangan Bhinneka Tunggal Ika, Kemhan, Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Dia menyebut, ada 35 industri pertahanan produk alutsista yang berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) yang dipamerkan. Menurut dia, semua industri tersebut turut membantu senjata pertahanan Indonesia.

"Terdapat 35 industri pertahanan produk alutsista hasil karya anak bangsa sebagai sumbangsih mendukung kekuatan pertahanan negara," ucapnya.

Karya industri pertahanan ini, menurut Widodo, patut dihargai dan diberdayakan untuk mewujudkan TNI yang unggul dengan kemandirian. Produk-produk yang dipamerkan ini merupakan bukti kemandirian untuk tidak tergantung dari pihak asing.

"Diharapkan dengan pameran ini, para pengunjung mendapatkan manfaat berupa pengetahuan terhadap produk dan teknologi alutsista produk industri pertahanan dalam negeri," paparnya.

Dengan semangat kemerdekaan, Widodo berharap Indonesia mampu meningkatkan kemampuan industri pertahanan melalui kerja sama seluruh komponen bangsa.

"Harus menjadi tekad kita bersama untuk mulai mengembangkan produk-produk dalam negeri. Kepada industri pertahanan saya tekankan agar terus-menerus evaluasi dan meningkatkan kualitas agar mampu produksi alutsista yang dapat dibanggakan," jelas Widodo.

Usai memberikan sambutan, Widodo menyempatkan diri untuk berkeliling melihat alutsista yang ada. Tak hanya melihat, ia juga mencoba beberapa peralatan seperti jaket antipeluru.

Perusahaan-perusahaan yang hadir adalah dari BUMN, PT Pindad, PT Dahana, PT INTI, PT Len Industri, dan PT PAL Indonesia, sedangkan pihak BUMS adalah PT Elektronika ITB, PT Garda Persada, dan PR Infra RCS.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik Berbisnis, Indra L Bruggman Tinggalkan Dunia Hiburan?

Posted: 12 Aug 2017 08:40 PM PDT

Sejak tiga tahun terakhir, Indra L Bruggman jarang muncul di layar kaca. Rupanya, pesinetron Jinny Oh Jinny ini tengah asyik merintis bisnis busana muslim dengan merek Ummimi. Bahkan, Indra Bruggman pun sudah berencana membuka toko keduanya di Bandung.

"Iya, tiga tahun ini memang lagi mengembangkan busana muslimku. Dalam waktu dekat rencananya buka toko lagi di Hotel Bumi Bhandawa, Bandung. Aku sudah kerja sama dengan Bu Tati Kurniawati, dia pemilik hotelnya. Doakan semakin lancar, ya," kata Indra L Bruggman saat dihubungi, Sabtu (12/8/2017).

Bukan cuma itu, Indra L. Bruggman juga sedang berniat melirik bisnis tour and travel. Menurut artis 36 tahun ini, peluang bisnis sewa jasa dan tur, cukup menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

"Akhir tahun ini juga ada bisnis tour and travel. Aku melihat peluangnya cukup besar karena masyarakat selalu membutuhkan transportasi. Jadi, nanti akan ada penyewaan mobil dan bus antarprovinsi," ujar Indra Bruggman.

Asyik dengan aktivitas bisnisnya, lantas apakah Indra Bruggman bakal meninggalkan dunia entertainment? "Tentunya coba seimbang. Cuma kalau bisnis ini aku juga mau banyak belajar," ia menjelaskan. (Ras)

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan HUT RI, Kemenkumham Gelar Lomba Lukis 300 Meter

Posted: 12 Aug 2017 08:33 PM PDT

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menggelar lomba melukis di karton sepanjang 300 meter. Kegiatan ini digelar dalam rangka merayakan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Acara ini juga diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia. Di Jakarta sendiri, lomba melukis ini diikuti oleh 140 peserta tingkat sekolah dasar dan 320 peserta umum.

"33 Kanwil Kumham di seluruh Indonesia juga melakukan hal yang sama," ujar Inspektur Jenderal Kemenkumham Aidir Amin Daud di depan Kantor Kemenkumham, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2017) pagi.

Selain menggandeng seniman jalanan dan masyarakat umum, kegiatan melukis ini juga diikuti sejumlah taruna yang ada di bawah Kemenkumham. Diharapkan, kegiatan ini mampu menjadi media bagi para pelajar dalam mengekspresikan kreativitas mereka.

"Mahasiswa kita di sekolah kejuruan Kumham supaya mereka menyalurkan bakat seninya, karena selama ini ada indikasi kekerasan di kampus-kampus itu," tutur Aidir.

Kegiatan dengan tema "Merdeka Jiwa Raga, Berkarya untuk Indonesia" ini memperebutkan hadiah yang cukup menarik. Juara pertama mendapatkan uang tunai Rp 10 juta. Juara kedua membawa pulang uang tunai Rp 5 juta, dan juara ketiga mendapat uang tunai Rp 2 juta. Selain itu, terdapat sejumlah hadiah menarik lainnya.

"Semua lukisan yang terbaik akan kita bingkai dan dipamerkan di aula kita selama bulan kemerdekaan," ucap Aidir.

Kemenkumham juga menggelar beberapa perlombaan lainnya dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 RI ini, seperti membaca teks proklamasi, desain batik, menciptakan lagu nasional, sepeda hias, dan beberapa kegiatan lainnya yang juga diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia.


Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa 6,6 SR Guncang Bengkulu Utara

Posted: 12 Aug 2017 08:31 PM PDT

Gempa berkekuatan 6,6 skala Ritcher menggoyang wilayah Bengkulu Utara.

Sumber Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa terjadi Minggu (13/8/2017) sekitar pukul 10.08 WIB.

Gempa berlokasi di 3.75 Lintang Selatan, 101,56 Bujur Timur atau sekitar 71 kilometer dari Bengkulu Utara.

Gempa berkedalaman 10 kilometer.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG di situs resminya, BMKG.go.id.

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Austria: Marquez Bidik Hattrick Kemenangan

Posted: 12 Aug 2017 08:30 PM PDT

Marc Marquez mengunci tempat di gird terdepan setelah menorehkan catatan waktu tercepat pada sesi kualifikasi dalam MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Sabtu (12/8/2017). Secara keseluruhan Baby Alien telah mengoleksi pole position ke-70 sepanjang kariernya di tiga kelas berbeda (125cc, Moto2, dan MotoGP).

Ini merupakan pertanda yang bagus buat Marquez untuk makin menjauh dari musuh bebuyutannya Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Duo Yamaha itu tercecer di urutan keempat dan ketujuh selama sesi kualifikasi tersebut.

Saat ini Marquez sedang menyusun skenario untuk mencetak hattrick kemenangan di musim ini. Sebelumnya, dia berhasil merebut podium pertama di Sachsenring dan Republik Ceko.

Penampilan impresif Marquez membuktikan keefektifan karya terbaru yang dilakukan oleh Honda Racing Corporation (HRC) dan tim Repsol Honda.

"Saya sangat senang dengan pole position ini. Karena sejauh ini kami telah melakukan beberapa hal baik dari tahun lalu," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Hondaracing,.

"Kami siap untuk balapan ini. Selama uji coba di Brno, kami mencoba berbagai konfigurasi yang berbeda pada jalur ini, dan itu memungkinkan kami memulai dengan basis yang bagus, terutama pada latihan pertama. Jadi saat ini sepertinya kecepatan kami sangat bagus, tapi seperti biasa, sulit untuk memperhitungkan balapan."

Marquez menjelaskan pemilihan ban tetap memainkan peranan penting pada balapan kali ini. Sehingga dia masih belum memutuskan ban apa yang digunakan pada balapan seri 11 ini. Namun pemilik nomor 93 itu sudah memilih ban medium untuk pemanasan.

"Kami akan mencoba memberikan segalanya. Tapi akan sangat penting untuk memilih ban belakang yang tepat. Hari ini kami bekerja dengan ban senyawa lembut dan keras, jadi kami mungkin akan mencoba medium pemanasan dan kemudian membuat pilihan kami," Marquez mengakhiri. (David Permana)

Saksikan video menarik berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Rumah Murah Cicilan Rp 1 Juta di Tangerang, Tertarik?

Posted: 12 Aug 2017 08:30 PM PDT

Rumah murah dengan cicilan ringan menjadi incaran masyarakat. Pengembang berlomba menghadirkan rumah dengan harga terjangkau yang juga memenuhi program sejuta rumah pemerintah.

Selain harga murah, pengembang juga menawarkan uang muka rendah demi menggaet konsumen. Hal ini seperti rumah yang dibangun oleh PT Arifindo Adiputra Ariaguna, Daru Estates di Jambe, Tangerang, Banten, di Pameran Indonesia Properti Expo, JCC Senayan, Jakarta.

"Kami membangun rumah dengan harga Rp 141 juta," ujar Direktur PT Arifindo Adiputra, Dewi Kartika, di acara Indonesia Properti Expo di Jakarta, Minggu (13/8/2017).

Dewi mengatakan, selain menawarkan harga yang murah, pihaknya juga memberikan keringanan uang muka atau down payment dan cicilan per bulan. Hanya dengan uang Rp 5 juta untuk uang muka, konsumen sudah bisa memiliki rumah tersebut.

"Cukup DP Rp 5 juta all-in, cicilan 1 juta per bulan, dapat rumah dengan sertifikat SHM," tambahnya.

Dia juga mengatakan, Daru Estate memiliki letak yang strategis dalam hal akses transportasi. Transportasi punya peranan penting dalam perkembangan sebuah proyek properti.

"Lokasinya kurang lebih 100 meter dari Stasiun Kereta Daru. Hal ini sangat memudahkan warganya menuju tempat kerja karena memilliki waktu tempuh hanya 1 jam dari Stasiun Kereta Daru ke Stasiun Kereta Tanah Abang.

"Ini menjadi solusi bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah. Dari pada harus kontrak atau kos lebih baik miliki rumah sendiri dengan cicilan 1 juta per bulan layaknya kontrak atau kos," tuturnya.

Seperti diketahui, Pameran Indonesia Properti Expo 2017 di JCC Senayan, Jakarta, diselenggarakan sejak 11 Agustus 2017 hingga 20 Agustus 2017. Rumah subsidi di pameran tersebut dijual mulai Rp 110 juta hingga Rp 140 jutaan. Pameran diikuti oleh 201 booth dengan rincian 117 non-MBR dan 84 MBR.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengalaman Seru Samuel Zylgwyn di Saur Sepuh The Series

Posted: 12 Aug 2017 08:30 PM PDT

Samuel Zylgwyn benar-benar ditantang saat berperan di Saur Sepuh The Series. Tidak hanya soal gaya dialognya yang harus dengan bahasa Indonesia baku, tapi ada sejumlah tantangan lain yang dihadapi suami presenter Franda ini. 

Sebagai Prabu Brama Kumbara, Samuel Zylgwyn harus mengenakan kostum kerajaan. "Ini kan bukan sinetron drama biasa. Jadi, sebelum syuting memakai kostum pastinya memakan waktu cukup lama," ungkap Samuel Zylgwyn di Jakarta, beberapa waktu lalu. 

Prabu Brama Kumbara adalah prabu kerajaan Madangkara. Saur Sepuh The Series yang diadaptasi dari sandiwara radio terkenal pada era 1980-an ini memang cerita legenda yang berlatar masa kerajaan di Tanah Jawa. 

"Ceritanya sih seru. Tapi, lebih seru lagi kostum yang saya pakai. Haha. Ini berat lho busana Brama Kumbara termasuk aksesorisnya. Ada hiasan di tangan dan kepala," papar Samuel Zylgwyn

Dengan kostum istimewa yang lumayan berat itu, Samuel Zylgwyn pun harus beradegan fighting. Makanya, Samuel Zylgwyn harus melakukan penyesuaian saat berakting di sinetron produksi Sinemart Production ini. Belum lagi harus beradegan naik kuda.  "Seru deh," katanya. 

 

Saur Sepuh The Series memang istimewa. Sinetron yang mulai tayang perdana di SCTV pada Senin (14/8/2017) pukul 19.30 WIB ini juga menampilkan teknologi CGI yang keren.

Dan, Saur Sepuh The Series bukan sinetron biasa karena menelan biaya pembuatan yang fantastis. Belum lagi keterlibatan ratusan figuran. Tak heran karena sinetron yang disutradarai Karsono Hadi ini bergenre drama kolosal.

 

Saksikan video menarik berikut ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik, Gunung Ijen Sebentar Lagi Punya Kereta Gantung

Posted: 12 Aug 2017 08:27 PM PDT

Tak lama lagi Gunung Ijen di Banyuwangi akan dilengkapi dengan kereta gantung. Rencana pengembangan wisata di kawasan Ijen ini terus dimatangkan.

Menko Perekonomian Darmin Nasution dan Menteri LHK Siti Nurbaya menggelar rapat koordinasi bersama jajaran terkait dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Kamis 10 Agustus 2017 malam, membahas hal itu.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pemerintah pusat terus mendukung pengembangan ekonomi daerah. "Sinergi pusat dan daerah sangat penting untuk memastikan perekonomian tumbuh lebih baik lagi," tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Jumat (11/8/2017).

Sinergi itu juga termasuk dalam pengembangan pariwisata. "Pariwisata jadi kebutuhan penting, pasarnya tidak pernah turun," ujarnya.

Sebelumnya, pada akhir Juli lalu, Darmin juga menerima delegasi bisnis Singapura yang dipimpin Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Lim Hng Kiang, di mana salah satu perusahaan Singapura SUTL Enterprise meneken MoU untuk menjadi konsultan pengembangan marina di Pantai Boom Banyuwangi.

Sementara itu, Menteri LHK Siti Nurbaya menegaskan bahwa perizinan cable car tidak ada masalah. "Peraturan menterinya sekarang sudah dibuat untuk memfasilitasi kerjasama-kerjasama daerah itu," katanya.

Dia juga memastikan ikut mengontrol rencana tersebut. "Jadi mudah-mudahan bisa cepatlah ini. Apalagi ada dirjennya di sini, saya bilang beresin. Harus segera ditindaklanjuti. Saya ikut kontrol terus," ucap Siti.

Beberapa fasilitas di kawasan Gunung Ijen yang kini sangat ramai dikunjungi wisatawan juga akan dibenahi, seperti menara telekomunikasi dan toilet. "Nanti bisa pakai pola kerja sama. Saya kira ini akan sangat bermanfaat untuk pengembangan Ijen ke depannya," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih atas dukungan pemerintah pusat terhadap inovasi pengembangan daerah. "Kami berterima kasih. Saya merasakan ada chemistry yang kuat antara pusat dan daerah untuk bersama-sama maju," kata Anas.

Anas meyakini, dukungan pemerintah pusat bisa mengakselerasi perekonomian daerah, yang tentu nantinya berujung ke peningkatan ekonomi nasional.

"Seperti pengembangan cable car itu, berdasarkan kajian dan analisis pasar termasuk dari Kementerian Pariwisata, bisa menjadi mesin penyedot baru wisatawan mancanegara. Apalagi Banyuwangi dekat dengan Bali, dan kita sudah terhubung penerbangan langsung dari Jakarta. Ini sekaligus untuk mendukung target Bapak Presiden Jokowi mendatangkan 20 juta wisman pada 2019," ujar Anas.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Dua Ribu Penari Tampil Apik Jelang HUT Kemerdekaan RI

Posted: 12 Aug 2017 08:20 PM PDT

Seorang instruktur membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Kegiatan tahun ini mengusung tema Kriya Nagri yang dilatari kondisi minimmya pendidikan dan informasi budaya. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Seorang instruktur membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Kegiatan tahun ini mengusung tema Kriya Nagri yang dilatari kondisi minimmya pendidikan dan informasi budaya. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekitar 2000 penari membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Tarian ini merupakan rangkaian dari kampanye Indonesia Is Me yang diadakan untuk mensyukuri Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekitar 2000 penari membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Tarian ini merupakan rangkaian dari kampanye Indonesia Is Me yang diadakan untuk mensyukuri Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekitar 2000 penari membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Tarian ini merupakan rangkaian dari kampanye Indonesia Is Me yang diadakan untuk mensyukuri Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekitar 2000 penari membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Tarian ini merupakan rangkaian dari kampanye Indonesia Is Me yang diadakan untuk mensyukuri Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekitar 2000 penari membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Kegiatan yang mengusung tema Kriya Nagri dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Sekitar 2000 penari membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Kegiatan yang mengusung tema Kriya Nagri dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Seorang instruktur membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Peserta penari adalah keluarga biasa yang punya antusias tinggi terhadap kebudayaan Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Seorang instruktur membawakan tarian tradisional Indonesia saat Car Free Day di Senayan, Jakarta, Minggu (13/08). Peserta penari adalah keluarga biasa yang punya antusias tinggi terhadap kebudayaan Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Onew SHINee Lakukan Pelecehan Seksual, Manajemen Angkat Bicara

Posted: 12 Aug 2017 08:20 PM PDT

Onew SHINee tersandung masalah hukum. Leader SHINee ini dilaporkan ke pihak kepolisian setelah dituduh melakukan pelecehan seksual.

Terkait dengan kasus yang menerpa artisnya, SM Entertainment secara resmi merilis penyataan. Pihaknya mengungkap bahwa saat kejadian Onew SHINee sedang berada di bawah pengaruh alkohol.

"Sebagai seorang figur publik, Onew sangat cemas dan merenungkan kesalahan yang ia lakukan saat ini," ungkap perwakilan SM Entertainment, dilansir dari Soompi, Sabtu (12/8/2017).

Pihak agensinya membenarkan bahwa Onew berada dalam klub itu pada Sabtu dini hari. Penyanyi bernama Lee Jin Ki ini tengah menghadiri pesta perayaan salah seorang teman yang berprofesi sebagai DJ.

"Saat di klub, Onew sangat mabuk dan tidak sengaja menyentuh orang-orang yang berada di dekatnya, sehingga menimbulkan kesalahpahaman di antara mereka dan membuatnya diperiksa oleh pihak kepolisian," lanjutnya.

Namun, saat ini wanita yang mengaku telah dilecehkan oleh Onew mengklarifikasi bahwa kejadian tersebut hanya salah paham. Pasalnya, saat kejadian suasana klub sangat ricuh, sehingga Onew menjadi sasaran.

"Onew akan menyelesaikan semua pemeriksaan yang tersisa. Kami sekali lagi minta maaf karena sudah membuat semua orang cemas dan khawatir," terangnya.

Pihak agensi juga meminta kepada semua media untuk tidak memberitakan informasi tak benar sehingga dapat memengaruhi reputasi dan citra Onew dan SHINee.

 

Simak video menarik di bawah ini : 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi Kunci Kasus E-KTP Meninggal, KPK Koordinasi dengan FBI

Posted: 12 Aug 2017 08:20 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih mencari tahu penyebab meninggalnya Direktur PT Biomorf Line LLC Johanes Marliem. Saksi kunci perkara korupsi e-KTP tersebut dikabarkan bunuh diri di kediamannya, di Amerika Serikat.

Lembaga antirasuah tengah berkoordinasi dengan Federal Bureau of Investigation (FBI) dan Los Angeles Police Departemen (LAPD) untuk mengetahui penyebab meninggalnya Johanes Marliem.

"Haruslah koordinasi (dengan FBI dan LAPD). Nanti, kami masih koordinasi dulu," ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat dikonfirmasi, Minggu (13/8/2017).

Saut mengaku, pihaknya mendapat informasi meninggalnya Johanes Marliem dari FBI dan LAPD. Menurut Saut, lembaga antirasuah kini tengah menunggu informasi lanjut terkait meninggalnya Johanes.

"Biarkan apgakum (aparat penegak hukum) AS bekerja dulu, kita tunggu laporan mereka saja. Karena almarhum kan warga AS," kata Saut.

Johanes Marliem merupakan pemimpin perusahaan Biomorf Lone LLC yang merupakan penyedia layanan teknologi biometrik untuk e-KTP. Biomorf Lone LLC yang menyediakan alat pengenal sidik hari atau automated fingerprint identification system (AFIS) ke konsorsium penggarap e-KTP tahun 2011-2013.

Johanes Marliem sendiri sempat mengaku memiliki rekaman pertemuan dengan para pihak yang diduga ikut mendapat bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun. Dalam pertemuan tersebut juga turut dihadiri Ketua DPR Setya Novanto.

Johanes Marliem sendiri menyimpan rekaman tersebut selama empat tahun lamanya. Johanes disebut dalam dakwaan terhadap dua mantan Pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto turut menerima sejumlah USD 14,8 juta.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Bola Hari Ini, Siaran Langsung 13 Agustus 2017

Posted: 12 Aug 2017 08:15 PM PDT

Kompetisi sepak bola domestik dan Eropa bakal bergulir nanti malam. Menariknya beberapa laga akan disiarkan langsung oleh televisi nasional.

Dari ajang Liga Inggris, klub promosi Newcastle United akan menjamu Tottenham Hotspur. Kemenangan menjadi bidikan kedua klub untuk modal menghadapi persaingan musim ini.

Sementara di laga selanjutnya, MU akan menantang West Ham United. Bagi MU laga ini sangat penting untuk menunjukkan kesiapannya menghadapi persaingan di papan atas.

Sementara bagi West Ham laga ini menjadi bukti kualitas pemain baru yang dibeli tak terkecuali Javier Hernandez. Laga ini akan disiarkan langsung oleh Bein Sports 1 dan RCTI mulai pukul 22.00 WIB.

Dari Liga 1, ada dua pertandingan yang akan digelar. Yakni Borneo FC Vs PS TNI, serta Bali United Vs Madura United.

Sementara dinihari nanti, El Clasico jilid pertama musim ini akan digelar di ajang Piala Super Spanyol. Laga Barcelona Vs Real Madrid akan disiarkan langsung mulai pukul 03.00 WIB.

Saksikan video menarik berikut ini

 

15:00 Pusamania Borneo FC - PS TNI (TvOne)
18:30 Bali United - Madura United (TvOne)
19:30 Newcastle United - Tottenham Hotspur (BeIN Sports 1)
22:00 Manchester United - West Ham United (BeIN Sports 1 & RCTI)
02:00 Guingamp - Paris Saint-Germain (BeIN Sports 3)
03:00 Barcelona - Real Madrid (TvOne) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

102.066 WNI Jadi Jemaah Calon Haji Terakhir yang Tiba di Madinah

Posted: 12 Aug 2017 08:14 PM PDT

Fase kedatangan jemaah calon haji Indonesia di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah sudah berakhir. Jemaah kloter 29 Embarkasi Jakarta - Pondok Gede menjadi rombongan terakhir yang mendarat di Madinah pada Sabtu 12 Agustus, pukul 03.42 waktu Arab Saudi (WAS).

Tidak berapa lama sebelumnya, jemaah kloter 8 Embarkasi Palembang mendarat (PLM 08) pukul 03.35 WAS, disusul kemudian jemaah kloter 47 Embarkasi Solo (SOC 47) pukul 03.38 WAS.

Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) SOC47 Meery Tyas mengaku senang kloternya menjadi salah satu penutup kedatangan jemaah calon haji Indonesia di Bandara Madinah. Meski pergi bersama 270 jemaah yang masuk kategori risiko tinggi (risti), ia bersyukur selama perjalanan tidak mengalami banyak kendala.

"Biasa sih, paling tadi ada yang pusing dan mual. Yah, lancar-lancar saja. Senanglah melihat jemaah di pesawat sehat, semua senang," kata Meery di Madinah, Sabtu (12/8/2017).

Sementara, Sekretaris Sektor 2 Daker Bandara Ubaidilah Marsudi menambahkan, hari terakhir layanan kedatangan,  petugas menggunakan shift panjang hingga 16 jam. Sebab,  sebagian tim sudah berangkat ke Jeddah untuk menyambut kedatangan jemaah haji gelombang dua.

"Tim sudah ke Jeddah sebagian. Kami yang di Madinah, meski lelah, tapi tetap komitmen. Jadi semua lancar," ujar Ubaidilah di Madinah.

Rilis data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) menyebutkan total 251 kloter telah mendarat di Madinah sepanjang 15 hari fase kedatangan jemaah. Ada 102.066 jemaah haji yang tiba, terdiri dari 100.811 jemaah dan 1.255 petugas kloter.

Penyambutan di Jeddah
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel. (Liputan6.com/Taufiqurrohman)
Seremoni penyambutan jemaah haji Indonesia kloter pertama dalam fase gelombang kedua digelar di Bandara King Abdul Aziz International, Jeddah, Arab Saudi. Seremoni ini dihadiri sejumlah pejabat dari Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi.

Mereka adalah Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Direktur Muasassah Wilayah Asia Tenggara Mohammad Amin Hasan Indragiri, Konjen RI Jeddah Mohammad Hery Saripudin, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Sri Ilham Lubis, Ketua PPIH Ahmad Dumiyathi Bashori, Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat.

Dalam sambutannya, Agus Maftuh Abegebriel mengucapkan selamat datang kepada para jamaah yang berasal dari Malang, Kediri, Surabaya, Jawa Timur.

"Selamat datang kepada jamaah di negeri yang Allah jamin keamanannya," kata Agus di Bandara Jedah, Sabtu (12/8/2017).

Pria yang pernah menimba ilmu di salah satu pondok pesantren Kediri, Jawa Timur, ini sempat bercerita kepada jemaah, kalau Malang merupakan daerah yang tidak awam baginya, sebab Pria kelahiran Semarang itu juga pernah nyantri di Malang.

Agus melanjutkan, meski menjabat sebagai Duta Besar, namun pada saat musim haji semua pejabat diplomatik adalah pelayan jemaah haji Indonesia yang siap melayani para tamu Allah SWT.

"Jadi Bapak Ibu jangan sungkan jika ada hal kurang berkenan, tolong kami dijewer, karena kita menempatkan sebagai pelayan bukan pejabat," ujar dia.

Sebelumnya, Agus Maftuh memperkenalkan, bahwa Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) dipimpin oleh Ahmad Dumiyathi, yang membawahi beberapa tim dari sejumlah instansi seperti Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, TNI/Polri. Semuanya memiliki komitmen untuk melayani seluruh jamaah.

Kedatangan perdana jemaah calon haji Indonesia gelombang kedua tiba datang lebih cepat 1 jam dari perkiraan awal atau sekira pukul 09.00 Waktu Arab Saudi. Kendati demikian panitia sudah bersiap sejak pagi. Tampak Tim Gerak Cepat (TGC) yang terdiri dari tenaga medis, petugas katering dan transportasi langsung bersiaga, kendati jamaah datang lebih cepat.

Berikut ini daftar kedatangan jamaah:

1. Kloter 44 sampai 46 Embarkasi Surabaya (SUB 44, SUB 45, dan SUB 46),
2. Kloter 38 sampai 51 Embarkasi Solo (SOC 48, SOC 49, SOC 50, dan SOC 51),
3. Kloter 48 sampai 51 Embarkasi Jakarta – Bekas (JKS 48, JKS 49, JKS 50, dan JKS 51),
4. Kloter 9 Embarkasi Palembang (PLM 09),
5. Kloter 15 Embarkasi Medan (MES 15),
6. Kloter 1 Embarkasi Lombok (LOP 01), dan
7. Kloter 14 Embarkasi Padang (PDG 14).

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota C-HR Pasti Meluncur, tapi...

Posted: 12 Aug 2017 08:12 PM PDT

PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek Toyota di Tanah Air meluncurkan dua produk terbaru, yaitu Voxy dan Fortuner TRD Sportivo di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

Namun, tak hanya produk yang siap dipasarkan saat ini, Toyota Indonesia juga memamerkan SUV crossover C-HR edisi siap diproduksi secara massal.

Kehadiran C-HR yang digadang-gadang sebagai penantang Honda HR-V dan Nissan Juke ini ternyata cukup menyedot perhatian. Namun sayang, mobil tersebut masih belum akan dijual.

"Ditunggu saja, tenang saja pasti kami akan launch. Positively kami akan launch, secepatnya," ungkap Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto.

Di negera asalnya, Jepang, Toyota C-HR pada dasarnya memiliki tiga pilihan mesin, yaitu mesin 1,2 liter turbocharger, 1,8 liter hybrid dan mesin 2,0 liter.

Hanya saja, untuk pasar Indonesia, Toyota tidak akan langsung memboyong semua C-HR. Sebaliknya, perusahaan asal Jepang itu akan memasarkan C-HR bermesin hybrid 1,8 liter.

Hal ini terlihat dari sinyal Toyota yang memamerkan C-HR dengan tampilan warna hijau tosca. Soerjo pun tak lantas menampik kabar tersebut.

"Tapi kami masih studi, akan pilih ke mana, kami inginnya tahun ini, selambat-lambatnya kuartal pertama tahun 2018," ujarnya.

Sekadar informasi, Toyota C-HR secara global tersedia tiga varian mesin, yaitu mesin bensin turbocharger 1,2 liter, bensin 2,0 liter naturally aspirated, dan hybrid berkapasitas 1,8 liter.

Tenaga yang dilontarkan setiap varian Toyota C-HR berbeda-beda. Model hybrid mesin 1,8 liter mampu memuntahkan daya 96,51 Tk dan torsi mencapai 193 Nm. Jika ditambah motor listrik, mesin mampu menghasilkan power maksimum sebesar 71,05 Tk dan torsi 163 Nm.

Untuk Toyota C-HR mesin 1,2 liter yang mengombinasikan dilengkapi turbocharger yang mampu menghasilkan tenaga 113,94 Tk dan torsi 185 Nm.

Sementara, mesin 2.0 liter naturally aspirated mampu memuntahkan tenaga hingga 147,45 Tk dan torsi puncak sebesar 193 Nm.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Punya Taman yang Indah Tapi Hemat Biaya? Begini Caranya!

Posted: 12 Aug 2017 08:09 PM PDT

Memiliki area taman di bagian belakang atau depan rumah bisa jadi menguntungkan atau malah merugikan. Jika Anda merawatnya dengan baik, area taman bisa mempercantik tampilan rumah Anda sekaligus bisa bikin betah di rumah.

(Baca juga: Tips Menata Taman di Apartemen)

Sebaliknya, jika tidak terawat maka bisa menjadi tempat bersarangnya para hewan yang berbahaya. Apalagi membuat dan merawat taman juga tak harus mahal. Simak langkah hemat ala Rumah.com yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Menggunting Rumput dengan Membentuknya

Ikatkan rumput dalam bentuk yang diinginkan menggunakan kawat. Gunting rumput-rumput yang menjuntai keluar menggunakan gunting kebun.

Salah satu cara termurah dan termudah untuk mentransformasi area taman Anda di rumah adalah dengan menggunting rumput dengan cara membentuknya. Pilih bentuk sederhana seperti lingkaran, oval, atau bujur sangkar.

Caranya, ikatkan rumput dalam bentuk yang diinginkan menggunakan kawat. Gunting rumput-rumput yang menjuntai keluar menggunakan gunting kebun.

2. Menanam Tanaman Perrenial

6 pot tanaman geranium akan cukup untuk memenuhi area taman ukuran standar selama beberapa tahun ke depan.

Cara lain dengan biaya hemat untuk mempercantik taman adalah membeli beberapa jenis tumbuhan perennial yang bisa berbunga dan hidup terus menerus selama beberapa tahun. Tanaman yang sering digunakan untuk kebun adalah Astrantia dan Geranium.

Saat membeli, keluarkan dari pot dan belah hingga 2 atau 3 cabang kemudian tanam di tanah area taman. 6 pot tanaman geranium akan cukup untuk memenuhi area taman ukuran standar selama beberapa tahun ke depan.

3. Tanam Pohon

Dengan mempertimbangkan ukuran dan umur berkembangnya, menanam pohon merupakan salah satu cara yang cukup hemat untuk membuat perubahan tampilan sebuah taman.

(Simak juga: Aneka pilihan perumahan dengan fasilitas taman mulai dari Rp300 jutaan)

Anda bisa mencoba menanam pohon yang tidak terlalu tinggi seperti pohon cherry. Untuk ukuran taman yang standard, cukup beli 3 jenis pohon untuk ditanam.

4. Gunakan Kerikil pada Jalan Setapak

Sebelum diberikan kerikil, berikan alas berupa lapisan membran untuk mencegah gulma atau rumput yang tumbuh di antara kerikil-kerikil tersebut.

Ketika membuat jalan setapak di dalam atau menuju taman, gunakan kerikil agar jauh lebih hemat dibandingkan mengaspal atau mencor jalanan. Cara menggunakan kerikil agar terlihat teratur, buat tanda terlebih dahulu di area yang akan dibuat jalan setapak. Setelah itu, kikis rumput dan ratakan tanah.

Sebelum diberikan kerikil, berikan alas berupa lapisan membran untuk mencegah gulma atau rumput yang tumbuh di antara kerikil-kerikil tersebut. Buat lapisan setidaknya 2,5 cm. Pilih kerikil dengan warna pucat agar terlihat kontras dengan warna tumbuhan dan rumput.

5. Hiasi dengan Lampu

Salah satu cara yang murah dan sederhana untuk membuat tampilan taman menjadi lebih cantik adalah dengan menggantungkan lampu-lampu.

Lampu – lampu kecil yang biasanya digunakan di pohon natal bisa dibeli di banyak tempat. Salah satu cara yang murah dan sederhana untuk membuat tampilan taman menjadi lebih cantik adalah dengan menggantungkan lampu-lampu ini.

Anda bisa atur pemasangan dengan memasangnya dari satu cabang pohon ke pohon lain atau pagar. Atur kabel untuk menyalakannya dari dalam rumah.

6. Buat Kolam Kecil di Tengah Taman

Membuat kolam ikan kecil di tengah kebun bisa memberikan kesan suasana yang rileks dan nyaman. Anda sebenarnya bisa membuat sendiri, namun jika kesulitan panggil tenaga ahli untuk membantu.

 

Mita Agustina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: Pasangan Zodiak yang Akan Temukan Cinta Sejati

Posted: 12 Aug 2017 08:08 PM PDT

Jodoh merupakan hal yang misterius, setidaknya bagi orang yang belum menemukannya. Jika Anda mempercayai zodiak, barangkali hal ini dapat membantu Anda untuk menemukan jodoh yang tepat. Beberapa pasangan zodiak ini dipercaya akan menemukan muara cinta sejati jika hidup bersama. Apa sajakah pasangan zodiak itu?

Bersama dua artikel lainnya, artikel tentang pasangan zodiak ini menjadi yang terpopuler dari kanal Lifestyle. Berikut tiga berita terpopuler dari kanal Lifestyle Liputan6.com sepanjang Minggu (13/8/2017). 

Pasangan Zodiak Ini Akan Menuai Cinta Sejati Jika Bersama

Kepribadian seseorang dapat dilihat dari zodiak. Sehingga kecocokan satu sama lain juga dapat dilihat dari hal yang dipelajari dalam astronomi ini. Jodoh merupakan hal yang misterius, setidaknya bagi orang yang belum menemukannya. Jika Anda mempercayai zodiak, barangkali hal ini dapat membantu Anda untuk menemukan jodoh yang tepat. Kepribadian tertentu cocok dengan kepribadian lainnya. Anda pantas bersama seseorang yang kepribadian yang cocok. Simak selengkapnya di sini.

Waspadai 8 Tanda Anda Sedang Dibohongi


Robert Feldman, seorang psikolog dari University of Massachusetts memiliki kesimpulan bahwa banyak orang ber-bohong dalam kehidupannya sehari-hari agar disukai dan dianggap kompeten. Sedangkan kaum wanita berbohong untuk membuat orang lain merasa lebih baik. Seorang pria dianggap sebagai makhluk yang tidak pernah jujur, bahkan ketik mengakui dirinya sebagai seorang pembohong. Simak selengkapnya di sini.

Tips Selfie Sempurna dari Si Cantik Tyna Mirdad



Sebagai seorang beauty influencer, Tyna Kanna Mirdad, selalu terlihat cantik. Terutama di selfie yang diunggahnya di media sosial, ia seperti tidak pernah gagal dengan hasilnya. Ternyata untuk mendapatkan itu, ada sejumlah hal yang dilakukan Tyna.
Siapa yang tak ingin terlihat cantik di selfie? Rasanya hampir tidak ada. Apalagi jika foto selfie tersebut ingin diunggah di media sosial. Begitu pula Tyna yang memiliki tips untuk hasil selfie sempurna. Baca selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Akan Resmikan Anjungan Indonesia di Ukraina

Posted: 12 Aug 2017 08:04 PM PDT

Komisi I DPR RI yang dipimpin oleh Abdul Kharis Almasyhari melakukan lawatan ke Ukraina. Dalam kesempatan tersebut, rombongan itu berkunjung ke Kedutaan Besar RI di Kiev dan menemui Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Ukraina, Georgia dan Armenia, Yuddy Chrisnandi.

Pertemuan Komisi I dengan Dubes Yuddy Chrisnandi di KBRI Kiev membahas apa saja yang telah dilakukan KBRI dalam rangka memperkuat hubungan kedua negara.

Dubes Yuddy yang telah bertugas sejak 21 April 2017 menerangkan kepada anggota Komisi I bahwa selain memperkuat hubungan ekonomi dan politik, diperlukan upaya meningkatkan hubungan antarwarga negara atau people to people contact.

Salah satu yang tengah dilaksanakan oleh KBRI Kiev adalah pembangunan anjungan Indonesia di Paviliun Indonesia di Kiev Botanical Garden, dengan sumber anggaran sumbangan dari warga masyarakat Indonesia dan Ukraina.

Arsiteknya, lanjut Yuddy, didatangkan dari Indonesia. Bahkan, pekerja ahlinya diterbangkan langsung dari Indonesia dan dikerjakan bersama pekerja dari Ukraina.

"Kami meneruskan apa yang dicetuskan oleh Dubes terdahulu, kami sekarang mewujudkannya dengan dukungan dari berbagai pihak," jelas Yuddy dalam keterangan tertulis yang Liputan6.com muat Minggu (13/8/2017).

"Jika terwujud, pavilion di Kiev Botanical Garden ini akan mempromosikan Indonesia dengan diwakili bentuk anjungan rumah tradisi Jawa Barat yang dilengkapi tempat bermain dengan jumlah pengunjung ribuan setiap harinya. Diharapkan, tahun 2018 dapat diresmikan saat Presiden Jokowi berkunjung ke Ukraina," sambung dia.

Mendengar pernyataan Yuddy, anggota Komisi I memastikan akan memberikan dukungan.

Tak cuma dukungan, Ketua Komisi I berharap ke depannya hubungan Indonesia dengan negara-negara eks Uni Soviet ini dapat semakin erat melalui pengenalan budaya.

Di samping budaya, hubungan kerja sama pertahanan juga diharapkan dapat lebih ditingkatkan pada masa yang akan datang dengan kesepakatan bilateral dengan negara-negara tersebut.

Saat ini Indonesia telah melakukan pembelian beberapa alutsista terutama dari Ukraina, seperti armored combat vehicle BTR 4 dan peluru kendali serta pesawat tempur Sukhoi dari Ukraina.

Rombongan anggota Komisi I yang berkunjung ke Ukraina antara lain Syarifuddin Hasan, Nurhayati Ali Assegaf, dan Darizal Basir dari Partai Demokrat; Ahmad Hanafi Rais dan Alimin Abdulah dari PAN; Rachel Maryam dan Biem Triani Benyamin dari Partai Gerindra; Aries Saputra dari Partai Nasdem; Sukamta dari PKS; Venny Devianti dari Partai Golkar; serta Andreas Pareira dan Charles Honoris dari PDIP; dan Muhammad Arwani Thomafi dari Partai Persatuan Pembangunan.

Saksikan juga video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Ini Menangis Dengar Detak Jantung Anaknya di Tubuh Orang Lain

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Seorang ibu menangis setelah mendengar detak jantung anaknya di tubuh pria lain. Chris Corner (31) baru saja menjalani operasi transplantasi jantung setelah menderita penyakit endokarditis. Setelah melakukan pencarian, ia mendapati jantung yang ia miliki kini sebelumnya merupakan milik Rikki Howell yang baru meninggal akibat pendarahan di otak.

Chris lalu menghubungi ibu dari Rikki, Sandy Millington. Mereka telah berkomunikasi sebelumnya, tetapi belum pernah bertemu secara langsung. Pertemuan tersebut berlangsung secara mengharukan. 

Awalnya, Sandy berusaha mendengar detak jantung anaknya melalui sebuah stetoskop. Namun, setelah cara tersebut gagal, Chris menempelkan kepala Sandy ke dadanya. Setelah mendengar detak jantung di tubuh Chris, Sandy langsung menangis histeris.

Chris mengaku sempat merasa bersalah menerima jantung tersebut. Namun, Sandy mengatakan bahwa ia merupakan orang yang tepat untuk menerima donor jantung anaknya. Ia juga mengatakan bahwa Chris tidak perlu merasa bersalah.

(Cynthia Natasha)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Debutan Paling Bersinar di Pekan Perdana Liga Inggris

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Liga Inggris musim 2017/18 mulai bergulir pekan ini. Beberapa klub besar telah memainkan laga pembukanya.

Arsenal, Chelsea, Liverpool dan Manchester City masing-masing meraih hasil yang berbeda. The Gunners dan The Citizens meraih kemenangan, sementara The Reds meraih imbang dan The Blues malah kalah di kandang sendiri.

Tentu yang menjadi sorotan adalah para pemain baru yang dibeli musim panas ini. Terutama bagi mereka yang dibeli dengan harga yang cukup mahal.

Ternyata harga mahal tidak menjadi jaminan para pemain langsung sukses di laga debut. Bahkan beberapa justru tampil dari bangku cadangan.

Lalu siapa sajakah pemain debutan di Liga Inggris musim ini yang bersinar pada pekan perdana. Berikut ulasannya:

Saksikan video menarik berikut ini

Kiper Watford, Heurelho Gomes (kiri) menghadang laju pemain Liverpool, Mohamed Salah pada laga Premier League di Vicarage Road, Watford, (12/8/2017). Liverpool bermain imbang 3-3. (AFP/Olly Greenwood)

Salah merupakan pemain baru Liverpool musim ini. Ia dibeli dengan harga 42 juta euro dari AS Roma.

Tampil sejak menit pertama melawan Watford, Salah langsung menunjukkan kualitasnya. Ia mampu mencetak gol pada menit ke-57.

Selain itu Salah juga menjadi aktor di balik hadiah penalti Liverpool yang diselesaikan oleh Roberto Firmino. Sayangnya di laga ini The Reds hanya bermain 3-3 melawan tuan rumah.

Chelsea sangat berharap akan ketajaman Alvaro Morata, sehingga Morata digadang-gadang menjadi salah satu top scorer Premier League 2017-2018. Musim 2016-2017 bersama Real Madrid, Morata tampil 95 kali dan mencetak 31 gol. (AP/Joseph Nair)

Morata merupakan striker baru milik Chelsea. Ia dibeli dari Real Madrid dengan harga 60 juta euro.

Menghadapi Burnley, Morata baru bermain pada menit ke-59 menggantikan Michy Batshuayi. Namun ia langsung memberikan efek besar setelah memasuki lapangan.

Striker asal Spanyol itu mencetak gol pada menit ke-69. Tak hanya itu ia juga memberikan assist pada gol David Luiz pada menit ke-88. Sayangnya kontribusi Morata gagal membawa Chelsea terhindar dari kekalahan.

Selebrasi penyerang Arsenal Alexandre Lacazette usai mencetak gol pembuka saat pertandingan melawan Leicester City pada pertadingan Liga Inggris di  Stadion Emirates, London (11/8). (AFP/Ian Kington)

Lacazette merupakan bomber baru milik Arsenal. Ia dibeli dengan harga 52 juta poundsterling dari Lyon.

Terbukti pemain termahal The Gunners itu langsung membuktikan ketajamannya. Hanya butuh dua menit bagi Lacazette untuk mencetak gol perdananya di Liga Inggris.

Gol itu sekaligus membantu Arsenal meraih kemenangan tipis 4-3 atas Leicester City.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Menabung Efektif agar Kaya di Masa Depan

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Menjadi kaya tentunya merupakan impian bagi banyak orang. Namun, menjadi sukses dan kaya tentunya bukanlah hal yang mudah untuk diraih. Hal tersebut juga bukan hal yang tak mungkin Anda raih.

Dengan bekerja keras tentunya kekayaan akan bisa diraih. Selain itu, Anda juga bisa meraih kekayaan dengan cara menabung. Menabung memang merupakan hal yang akan berdampak baik ke depannya untuk Anda. Bahkan, dapat berdampak positif di segala kehidupan. Anda juga dapat bebas menabung di mana pun tempat yang menurut Anda nyaman.

Tentunya menabung membutuhkan strategi khusus agar dapat membuat Anda kaya nanti. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda menabung secara efektif sehingga kaya di masa depan, seperti dikutip dari cermati.com, Minggu (13/8/2017):

1. Menabung di Tempat yang Dapat Memberikan Nilai Tambah

Kebanyakan orang-orang menabungkan uang mereka di bank. Hal ini karena bank dinilai sebagai tempat yang aman dan dapat memberikan bunga bagi nasabah. Sebenarnya, masih banyak tempat lainnya yang dapat memberikan keuntungan yang lebih dibandingkan menabung di bank.

Bunga yang diberikan bank sebenarnya lebih kecil jika dibandingkan cara menabung lainnya. Misalnya, menabung dengan emas, hal ini dapat memberikan nilai tambah bagi tabungan Anda. Seperti yang diketahui, nilai emas bisa terus meningkat setiap tahun.

2. Beli Aset yang Nilai Jualnya Fantastis dengan Uang Simpanan

Bila penghasilan Anda selama ini sudah mencukupi segala kebutuhan, Anda bisa mencoba untuk menggunakan tabungan untuk membeli aset yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi, seperti, tanah, rumah, ataupun ruko.

Terlebih properti yang berada di lingkup perkotaan pastinya memiliki nilai jual yang selalu meningkat setiap tahunnya. Jika tidak ingin menempati rumah tersebut, Anda bisa menyewakannya kepada orang lain ataupun membangun bisnis dari rumah tersebut.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

3. Menempatkan Dana di Pasar Modal sebagai Bentuk Investasi

Salah satu tips yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan investasi di pasar modal. Meskipun terdengar rumit, jika Anda mengetahui serta paham seluk-beluk dan terus mau belajar tentu saja kesuksesan bisa Anda dapatkan.

Banyak jenis-jenis investasi yang bisa Anda coba, misalnya saja saham, investasi emas, valuta asing, reksa dana, atau deposito. Pelajari terlebih dahulu dengan matang jenis investasi yang ingin Anda lakukan sehingga bisa menghindari risiko-risiko ke depannya.

4. Berinvestasi ke dalam Pos-Pos yang Berbeda

Tips lainnya yang dapat membuat tabungan menjadikan Anda cepat kaya adalah dengan menginvestasikan milik Anda ke dalam pos-pos yang berbeda. Jangan menaruh seluruh uang Anda dalam satu tempat yang sama. Tentu saja hal ini akan membuat tingkat risiko kehilangan semakin besar. Akan lebih baik kalau menempatkan uang di tempat yang berbeda-beda.

Misalnya, Anda menggunakan sebagian uang untuk investasi dan asuransi. Lalu, sisanya bisa Anda tabungkan sehingga bila terjadi kondisi darurat yang membutuhkan uang segera, Anda tak perlu kerepotan mencarinya.

5. Jangan Menunda Investasi

Banyak orang menunda berinvestasi karena merasa pemasukan yang dimilikinya masih kurang. Ada lagi kasus di mana mereka merasa masih terlalu muda untuk melakukan investasi. Padahal, harusnya investasi dilakukan sedari dini.

Jangan menunggu usia sudah tua baru berinvestasi. Sedari dini Anda berinvestasi tentunya makin banyak tabungan yang dimiliki untuk hari tua nanti.

6. Menerapkan Gaya Hidup Hemat

Tips lainnya yang harus Anda coba adalah dengan menerapkan gaya hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya jangan sampai cara menghemat Anda malah membuat Anda tersiksa. Misalnya, membeli makanan-makanan instan setiap harinya demi penghematan.

Padahal, makanan instan sangat tidak baik untuk tubuh apalagi bila dikonsumsi setiap hari. Yang ada malah akan membuat Anda sakit dan mengeluarkan biaya yang banyak untuk berobat.

Pastikan Tabungan Anda Aman

Apa pun bentuk tabungan yang Anda pilih tentu saja harus memperhatikan keamanannya terlebih dahulu. Berapa pun jumlah tabungan yang dimiliki, Anda tak merasa takut akan risiko kehilangan yang bisa saja terjadi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ariel Tatum Tak Mau Kegiatan Sosialnya Dikomentari Haters

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Ariel Tatum makin aktif dengan kegiatan sosialnya. Setelah mengajar anak-anak di Muara Angke, kini dirinya memilih berbagi ilmu di kolong jembatan.

Itu terlihat di akun Instagram Ariel Tatum. Ia mengunggah beberapa foto kebersamaannya dengan anak-anak kurang mampu.

Ariel Tatum bahagia bisa berbagi dengan anak-anak (Foto: Instagram)

Ariel Tatum pun tak canggung untuk berpose bersama mereka. Bahkan, ia tak segan merangkul salah satu anak perempuan yang bersamanya.

"Dulu pertama dateng ngajar disini mereka ga sebesar ini. Sekarang tinggi gw udah hampir dibalap, udah "casually" ngajak selfie, terus nanya ade gw yang cowok manaaaaa!!!! TIDAAAKKKK!!!! Time flieessss," tulis Ariel Tatum sebagai keterangan foto, Sabtu (12/8/2017).

Mantan kekasih pesepakbola Ryuji Utomo ini juga memerlihatkan keseruan mereka saat belajar dan bermain. Ia pun mengunggahnya dalam bentuk rekaman.

Ariel Tatum bersama anak-anak jalanan (Foto: Instagram)

"Keseruan kami belajar dan bermain di kolong jembatan Rawamangun! Makasih kak @nusaseom udah dateng dan dokumentasiin kali iniiii! Sering sering ya kakkkk HAHAHA," tulis Ariel Tatum, sebagai keterangan video yang langsung ditonton sebanyak lebih dari 11 ribu orang dalam waktu satu jam.

Agaknya,  Ariel Tatum tak ingin kegiatan sosialnya ini dikotori dengan kata-kata pedas dari warganet. Ia pun menutup kolom komentarnya.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Ponorogo Sukses Berjualan Tusuk Satai

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Siapa yang tak kenal dengan kuliner satu ini, satai. Makanan ini pun sukses masuk jadi salah satu makanan khas Bumi Reog. Tak heran banyak masyarakat Ponorogo mencari rezeki dari usaha satu ini.

Melihat peluang usaha satai yang menggurita di Ponorogo, Didik (35 tahun) warga Desa Turi, Kecamatan Jetis ini memilih berwirausaha dengan memproduksi tusuk satai.

Tak tanggung-tanggung, dana Rp 100 juta ia gelontorkan. Mulai dari membeli bahan utama, bambu, mesin pembuat tusuk satai, belerang, dan upah pekerja.

Dalam satu bulan, produksi tusuk satai Didik mencapai 1 ton lebih. "Padahal awalnya saya kesulitan memasarkan tusuk satai buatan saya," tuturnya kepada Liputan6.com, Jumat, 11 Agustus 2017.

Didik tidak hanya membuat tusuk satai, dia juga membuat tusuk bambu untuk tempura, pentol, dan sempol.

Kesulitan itu tak lantas membuatnya patah semangat, pontang-panting ia mencari pelanggan. Setelah delapan bulan berjalan, usahanya kini mulai menuju kesuksesan.

"Saya tidak lagi cari pelanggan, justru pelanggan yang malah datang ke sini," katanya.

Didik menjual tusuk satainya Rp 12 ribu untuk per kilogram. Tusuk satai buatan Didik ini memiliki keunggulan dibandingkan yang lain. Pasalnya, saat proses pembuatan ada tahap penguapan dengan menggunakan belerang.

"Tusuk satai buatan saya tahan sampai enam bulan tanpa jamuran," ucapnya.

Saat ini, Didik menggunakan dua jenis bambu, petung dan ori. "Saya mendatangkan bambu jenis petung dari Wonogiri, sedangkan ori dari Ponorogo," ujarnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

William Wongso Ungkap Kelezatan Bubur yang Disajikan Putra Jokowi

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Salah satu masakan tradisional Nusantara yakni bubur lemu menjadi hit setelah putra Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menyediakan sajian itu untuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). AHY mengungkapkan bubur lemu dan gudeg yang disajikan Gibran pada Kamis lalu lezat.

(Baca: Apa Makna di Balik Sajian Bubur Lemu dan Gudeg Buatan Gibran?)

 

Selain AHY, pakar kuliner William Wongso, juga mengaku menggemari sajian bubur lemu dengan gudeg di atasnya. Wongso memaparkan, sajian makanan satu ini paling pas disantap di pagi hari.

"Cocok sekali bagi aku untuk sarapan. Bubur lemu yakni bubur bersantan ditambah gudeg lalu sambal goreng krecek, dan tahu itu enak banget," katanya saat dihubungi Health-Liputan6.com ditulis Sabtu (12/8/2017).

Kenikmatan bubur lemu dan gudeg tercipta, kata Wongso, karena ada kompleksitas rasa di dalamnya. Lidah bisa menikmati sensasi rasa gurih dan manis yang pas dari sajian khas yang biasa ditemukan di Solo dan Jogja ini.

"Kalau favorit aku di Mbah Lindu di Jogja," kata Wongso tentang penjual bubur lemu dan gudeg kesukaannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Asus Tak Sengaja Umbar Informasi soal ZenFone 4

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Asus baru akan mengumumkan seri ZenFone 4 terbaru pada 17 Agustus 2017. Sayangnya, sebelum diresmikan, Asus malah secara tak sengaja mengumbar informasi mengenai smartphone tersebut.

Dilansir Phone Arena, Minggu (13/8/2017), pembocor ulang Roland Quandt menemukan empat laman produk seri ZenFone 4 di situs web Asus. Empat produk Asus itu adalah ZenFone 4, ZenFone 4 Selfie, ZenFone 4 Selfie Pro, dan ZenFone 4 Max.

Informasi yang bocor itu dilengkapi gambar, spesifikasi, dan harga jual. Untuk ZenFone 4, terdapat keterangan akan meluncur dengan dua pilihan prosesor, yaitu Snapdragon 630 dan Snapdragon 660.

Selain itu juga terdapat RAM 4 GB, memori internal 64 GB, baterai 3.300 mAh, dua kamera belakang dengan masing-masing sensor 8 MP dan 12 MP, serta layar Full HD AMOLED 5,5 inci. Harga jualnya berkisar US$ 580 (sekitar Rp 7,7 juta).

Sementara itu, ZenFone 4 Selfie dan Selfie Pro dilengkapi dengan dua pilihan prosesor, yaitu Snapdragon 625 dan Snapdragon 430. Spesifikasi lainnya termasuk RAM 4 GB, memori internal 64 GB, baterai 3.000 mAh dan layar 5,5 inci.

Kedua smartphone ini memiliki dua kamera depan dengan sensor berbeda. ZenFone 4 Selfie dilengkapi dua kamera depan dengan sensor 20 MP dan 8 MP, sedangkan ZenFone 4 Selfie Pro dengan sensor 24 MP dan 5 MP. Harga jual varian Selfie sekitar US$ 350 (sekitar Rp 4,6 juta) dan Selfie Pro US$ 470 (sekitar Rp 6,2 juta).

Kemudian ZenFone 4 Max akan melenggang dengan layar berukuran 5,2 inci, prosesor Snapdragon 425, baterai 4.100 mAh, RAM 3 GB, memori internal 32 GB, serta dua kamera belakang dengan sensor 13 MP dan 5 MP. Smartphone ini akan dijual dengan harga sekitar US$ 270 (sekitar Rp 3,6 juta).

(Din/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Cantik dan Segar dengan Riasan Mata Warna Peach

Posted: 12 Aug 2017 08:00 PM PDT

Warna-warna cerah pada tampilan makeup memang akan memberikan efek menyegarkan pada wajah. Apalagi jika Anda termasuk tipe orang dengan warna kulit yang agak pucat. Maka, makeup dengan sentuhan warna cerah di bagian mata sangat dibutuhkan.

Seperti dilansir dari video singkat yang diunggah di Instagram oleh akun @refinery29, Anda dapat mencoba tampil lebih segar dengan makeup mata warna peach atau oranye yang lembut. Yuk, ikuti tutorialnya berikut ini.

 

Giving our eyes the 🍑peachy🍑 treatment. #R29ShortCuts

A post shared by Refinery29 (@refinery29) on

1. Gunakan pelembap wajah, foundation dan bedak sebelum mengaplikasikan rangkaian makeup lainnya.

2. Aplikasikan base eyeshadow warna netral pada bagian kelopak mata.

3. Mulailah mengaplikasikan eyeshadow warna peach di area kelopak mata dengan bantuan kuas.

4. Untuk mempermanis wajah, Anda dapat menambahkan eyeshadow warna pink di bagian kelopak bawah mata.

5. Percantik makeup mata Anda dengan maskara warna hitam.

Anda pun bisa melengkapi tampilan makeup ini dengan lipstik dan blush on warna pink. Selamat mencoba! 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Djarot: Ada Semangat Kemerdekaan di Air Mancur Goyang Monas

Posted: 12 Aug 2017 07:53 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan air mancur goyang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu malam. Ditemani sang istri Happy Farida, Djarot tiba di kawasan Monas dan berjalan menuju panggung besar yang ada di sisi timur air mancur.

Djarot mengatakan, diresmikannya air mancur di Monas merupakan salah satu wujud syukur atas kemerdekaan bangsa Indonesia. Dia pun mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak terkait atas kembalinya air mancur goyang di Monas.

"Apa yang kita kerjakan dengan memperbaiki Monas, air mancur, toilet, trotoar, penerangan dan Jakarta jadi ibu kota yang membanggakan. Kerja seperti itulah sebetulnya bentuk konkret untuk mensyukuri kemerdekaan ini," kata Djarot di Monas, Sabtu 12 Agustus 2017.

Dia pun berpesan, agar seluruh masyarakat yang berkunjung ke Monas bisa saling menjaga persatuan dan saling mengingatkan dalam kebersihan serta tidak merusak fasilitas umum adalah bagian dari wujud syukur atas kemerdekaan.

"Di bawah angin sejuk semilir kita menikmati Monas. Jaga dan jangan kotori Indonesia dengan tindakan yang tidak terpuji," ujar Djarot.

Monas Simbol Persatuan

Dalam sambutannya, Djarot juga menekankan pentingnya menjaga kebinekaan dalam semangat persatuan. Menurut Djarot, bangsa Indonesia bisa maju jika masyarakatnya bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya.

"Mari kita sambut bulan kemerdekaan dengan saling menjaga. Jangan saling menyalahkan, melecehkan satu sama lain. Ini adalah cita-cita para pendahulu bangsa," imbuh Djarot.

Djarot pun menyampaikan pengalamannya saat berada di Monas. Dia mengaku bertemu dengan beragam masyarakat yang tidak hanya datang dari sekitar Jakarta. Menurut dia, Monas adalah salah satu bagian tak terpisahkan dari simbol persatuan.

"Tadi saya tanya saya sapa ada warga dari Bengkulu, Kaltim, dan Jakarta kebanyakan semuanya kumpul di sini. Keteladanan bukan hanya dari sisi pemimpin tapi dari seluruh warga. Kita bangsa beretika dan saling menghargai. Ini bulan kemerdekaan, apa pun agamanya, sukunya bisa menikmati Monas," beber Djarot.


Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unjuk Rasa Kelompok Sayap Kanan Vs Oposisi di AS Berakhir Ricuh

Posted: 12 Aug 2017 07:50 PM PDT

Tensi tinggi sarat kekerasan tengah meningkat di Kota Charlottesville, Virginia, Amerika Serikat sejak Sabtu 12 Agustus 2017. Hal itu dipicu oleh bentrokan antara dua kubu demonstran, yakni kelompok supremasi kulit putih dan kelompok oposisi.

Demonstrasi itu berujung baku hantam antara kedua kelompok. Aparat penegak hukum yang menangani aksi turut terlibat perkelahian dengan beberapa peserta. Demikian seperti yang dilansir New York Times, Sabtu (12/8/2017).

Kelompok supremasi kulit putih mengadakan demonstrasi demi menentang keputusan kota untuk menurunkan patung Robert E. Lee di Charlottesville. Lee merupakan komandan militer Konfederasi Amerika (CSA) pada masa Perang Sipil AS (1861 - 1865).

Aksi demo yang menentang penurunan patung Robert E. Lee itu bertajuk 'Unite the Right'. Seperti yang dikutip dari New York Times, demonstrasi itu menarik kelompok supremasi kulit putih, Ku Klux Klan, neo-Nazi, alt-Right dan individu berhaluan politik ekstrem kanan untuk ikut bergabung.

Sementara itu, kelompok demonstran oposisi berusaha menentang aksi protes yang dilakukan oleh kubu supremasi kulit putih. Kubu oposisi menganggap bahwa aksi yang dilakukan kelompok supremasi seakan membangkitkan kembali memori Perang Sipil dan isu rasialisme.

Kubu demonstran oposisi terdiri dari komunitas Afrika-Amerika, anti-fasis, kelompok agama, dan sejumlah individu berhaluan politik liberal.

Sebagai latar belakang, Perang Sipil AS (1861 - 1865) merupakan peperangan antara AS (negara bagian di utara) dengan CSA (negara bagian selatan). Konflik bersenjata itu disebabkan oleh perbedaan pandangan pada isu perbudakan.

Pada saat itu, AS di negara bagian di utara menentang perbudakan, sementara CSA mendukung perbudakan. Selisih pandangan itu membuat negara bagian yang berada di selatan, salah satunya Virginia, membentuk negara Konfederasi.

Kembali aktifnya komunitas supremasi kulit putih yang sarat akan rasisme itu, salah satunya dipicu oleh kemunculan Donald Trump sebagai presiden AS beserta haluan politik nasionalis dan slogan kampanye yang diusungnya, 'America First'. 

"Demonstrasi ini merupakan ajang untuk memenuhi janji kampanye Donald Trump guna merebut kembali negara kita," jelas David Duke salah satu mantan petinggi Ku Klux Klan.

Sebaliknya, Presiden Trump menentang demonstrasi serta menyayangkan bentrok antara kedua kelompok di Charlottesville.

"Sebuah peristiwa yang sangat buruk yang terjadi di Charlottesville. Isu tersebut (rasialisme dan supremasi kulit putih) telah lama terjadi di negara kita, bukan hanya di masa saya atau Barack Obama," jelas Donald Trump.

Meski tidak secara spesifik menyebut pihak tertentu maupun isu supremasi kulit putih, presiden ke-45 AS itu menilai bahwa aksi protes tersebut sangat sarat akan 'kebencian, fanatisme, dan kekerasan dari kedua belah pihak'. Secara tersirat, Trump nampak menuding bahwa kelompok demonstran oposisi turut memicu kekerasan yang terjadi.

Presiden Trump mengaku telah berbicara dengan pejabat di Virginia dan meminta mereka untuk menyegerakan 'restorasi hukum dan ketertiban. Ia juga mengimbau agar seluruh warga AS untuk bersatu tanpa memandang 'ras, iman, dan warna kulit'.

Sejumlah pihak mengkritik Presiden Trump yang dianggap tidak memberikan respons optimal guna menekan dan mencegah bentrok antar demonstran di Charlottesville. Beberapa menyebut bahwa kemunculan kembali kelompok ultra nasionalis dan supremasi berbasis warna kulit dipicu oleh janji kampanye dan kebijakan Donald Trump.

"Saya berharap agar ia (Trump) bercermin dan memikirkan kembali apa yang telah ia utarakan dan lakukan selama ini, sejak kampanye hingga sekarang," jelas Wali Kota Charlottesville Mike Signer.

Merespons rangkaian kekerasan yang terjadi Charlottesville, Gubernur Virginia Terry McAuliffe menetapkan status darurat di kawasan tersebut.

Melalui akun Twitter-nya, McAuliffe mendeklarasikan bahwa otoritas negara bagian akan turun tangan menangani Charlottesville demi meredakan kekerasan dan memulihkan ketertiban.

 

Saksikan juga video berikut ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: