Selasa, 08 Agustus 2017

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Hamil Anak Ketiga, Ashanty: Lupa Minum Pil KB

Posted: 08 Aug 2017 09:20 PM PDT

Ashanty kembali mengandung anak ketiga, sayang baru lima minggu dirinya mengalami keguguran. Sebelumnya, istri Anang Hermansyah ini tak menyangka kalau dirinya bakal hamil lagi.

Lantaran ia memutuskan untuk tak menambah momongan usai melahirkan anak keduanya, Arsya Akbar Pemuda Hermansyah. Namun, saat di Australia Ashanty tak mengonsumsi pil KB hingga akhirnya dirinya pun berbadan dua.

Ashanty saat menjadi bintang tamu di acara Dear Haters, Jakarta, Kamis (21/4). Ashanty membeberkan penyesalan terbesar dalam hidupnya di acara Dear Haters. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

 

"Pas tahu kaget. Karena aku kan minum pil KB berbulan-bulan meski beri ASI Arsya. Tapi waktu ke Ausie aku lupa bawa. Dan aku pikir masa sebulan enggak minum bisa jadi sih," terang Ashanty, di kediamannya di kawasan Cinere, Tangerang Selatan, Selasa (8/8/2017). 

Apa yang ditakutkan Ashanty pun terjadi. Sepulangnya dari liburan, dirinya pun periksakan diri ke dokter kandungan dan ternyata ibu sambung Aurel dan Azriel Hermansyah ini telah mengandung calon bayi lima bulan.

Ashanty mengaku saat mengetahui hal itu perasaannya pun campur aduk. "Pas periksa ternyata positif, senang sih tapi belum mau ngumbar dulu," lanjutnya.

(Bambang E.Ros/Bintang.com)

Takdir berkata lain, Ashanty mengalami keguguran saat dirinya tengah menjalani ujian Strata 2 yang tengah ditempuhnya. Ashanty mengalami pendarahan di toilet kampus.

"Kemarin di kampus ada ujian final, tiba-tiba aku merasa enggak enak ternyata aku mengalami keguguran," kenang Ashanty.

 

Simak video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Klaim Digitalisasi Bisa Dorong Ekonomi RI Capai 7 Persen

Posted: 08 Aug 2017 09:16 PM PDT

Bank Indonesia (BI) terus mendorong berbagai perusahaan dan pemerintahan untuk memanfaatkan teknologi dalam pelayanan kepada masyarakat. Dengan ini, maka kualitas ekonomi di tingkat masyarakat akan lebih meningkat dan transparan.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo menjelaskan, saat ini Indonesia sudah mulai memasuki era revolusi industri ke-4. Di sini, semua para pelaku industri dihadapkan pada pemanfaatan digital. Jika tidak, dipastikan Agus, akan tertinggal karena ditelan oleh zaman.

"Sebagai contoh, saat ini e-commerce menggeser cara belanja masyarakat dari ke pusat belanja menjadi bisa dilakukan secara online," kata Agus di Gedung Bank Indonesia, Rabu (9/8/2017).

Menurut Agus, saat ini sudah era bagi pemerintah dan semua pelaku kepentingan untuk memberikan karpet merah terhadap pengembangan ekonomi digital ini. Karena dengan digitalisasi ekonomi inilah yang akan mengantarkan Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Digitalisasi perekonomian, diyakini Agus, mampu memberi terobosan dalam bentuk efisiensi di sektor ekonomi di dalam bentuk target aktivitas bisnis yangg lebih akurat. Dengan demikian akan menciptakan sumber ekonomi baru.

"Semua ini pada akhirnya akan meningkatkan produktivitas perekonomian secara signifikan, maka pada akhirnya akan ciptakan perekonomian lebih tinggi dan berkesinambungan. Digitalisasi ekonomi ini kalau dimanfaatkan akan mendorong pertumbuhan ekonomi 7 persen per tahun," tegas Agus.

Tentu saja, adanya ekonomi digital ini, ditambahkan Agus, juga akan menciptakan sumber lapangan kerja baru dengan sumber daya manusia yang lebih berkualitas. 

Tonton Video Menarik Berikut Ini:


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Marquez Menjauh, Ducati Masih Optimistis

Posted: 08 Aug 2017 09:15 PM PDT

Target Ducati Corse di MotoGP 2017 adalah merebut gelar juara dunia. Sayangnya, perjuangan mereka untuk mewujudkan ambisi itu akan sangat berat. Itu karena pembalap Repsol Honda, Marc Marquez kini mulai menjauhi para pesaing.

Awalnya, persaingan menuju gelar juara dunia MotoGP 2017 masih terbuka untuk empat pembalap. Mereka adalah Marquez, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi. Saat itu, jarak antara pemuncak klasemen dan penghuni posisi keempat hanya terpaut 10 poin.

Namun, usai balapan MotoGP Republik Ceko di Sirkuit Brno, peta persaingan sedikit berubah.Balapan yang berjalan rumit karena adanya flag to flag membuat The Baby Alien melepaskan diri dari tekanan.

Sukses merebut podium juara, koleksi 154 poin Marquez kini unggul 14 poin atas Vinales, 21 poin atas Dovizioso, dan 22 poin atas Rossi. Gigi Dall'Igna, bos Ducati, tak menganggap persaingan menuju takhta juara dunia telah berakhir dengan keunggulan Marquez.

"Ia memiliki banyak poin dari sebelumnya, tapi saya belum bisa mengatakan siapa yang akan menang. Delapan balapan masih tersisa dan situasi berubah sangat cepat," kata Dall'Igna seperti dilansir Tuttomotoriweb.



Saat ini, hanya Dovizioso yang bisa melambungkan nama Ducati di MotoGP 2017. Padahal, tim pabrikan Italia berharap tak hanya Dovizioso yang melaju cepat, tapi juga Jorge Lorenzo. Itu alasan Ducati membajak Lorenzo dari Yamaha tahun lalu.

Hingga balapan ke-10, rapor Dovizioso pun cukup memuaskan. Ia sudah menyumbang tiga podium, bahkan dua di antaranya adalah juara. Lalu, ia juga tiga kali finis di lima besar. Itu yang membuat Dovizioso masih bertahan di papan atas klasemen.

Berbeda dengan Loreno yang terus menuai hasil buruk. Baru satu podium hasil yang bisa dibanggakan dari X-Fuera. Padahal, Ducati telah melakukan banyak hal, termasuk pembuatan fairing baru yang baru dijajal pada MotoGP Ceko 2017.

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo mengakhiri balapan MotoGP Republik Ceko 2017 di urutan ke-15. (Michal Cizek / AFP)

"Lorenzo mengapresiasi perubahan yang kami lakukan dan akan terus berada dalam jalan ini, tapi Dovi mencobanya hanya dalam tes. Ia mengetahui manfaat yang jelas dibutuhkan, tapi juga mengatakan bahwa ada hal-hal yang harus ditingkatkan," tegas Dall'Igna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masjidil Haram Padat, Jemaah Haji Indonesia Banyak Tersesat

Posted: 08 Aug 2017 09:14 PM PDT

Gelombang kedatangan jemaah calon haji dari seluruh dunia sudah memenuhi Kota Mekah, Arab Saudi. Termasuk jemaah dari Indonesia. Kondisi tersebut membuat Masjidil Haram dipadati oleh jemaah yang melaksanakan umrah dan beribadah salat wajib dan sunah.

Namun, tidak sedikit jemaah asal Indonesia yang tersesat saat akan pulang ke hotel usai melakukan tawaf maupun sai.

Petugas dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pun sibuk menerima aduan dari beberapa rombongan jemaah Indonesia yang mengaku salah satu dari temannya terlepas dan belum ditemukan.

"Apa ciri-ciri temannya yang terlepas saat sai?" tanya petugas PPIH Romadanyl kepada rombongan jemaah asal Sulawesi di Masjidi Haram, Mekah, Selasa 8 Agustus 2017 malam.

Tak hanya jemaah asal Sulawesi, rombongan jemaah asal Bandung, Jawa Barat, juga mengadukan hal yang sama. Namun, setelah berkoordinasi dengan petugas PPIH lainnya serta dibantu anggota rombongan, akhirnya jemaah yang sempat tersesat itu ditemukan.

Kepadatan Masjidil Haram biasanya dimulai saat menjelang Magrib dan setelah Subuh. Waktu tersebut dipilih oleh mayoritas jemaah karena pada siang hari cuaca di Kota Mekah bisa mencapai 49 derajat Celcius.


Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Curhat Sambil Nangis, Begini Kondisi Terbaru Sinead O'Connor

Posted: 08 Aug 2017 09:10 PM PDT

Gangguan kesehatan mental penyanyi senior Sinead O'Connor semakin menjadi-jadi. Belum lama ini, pelantun "Nothing Compares 2 U" itu mengunggah sebuah video berisi curahan hatinya di Facebook sambil menangis. Di situ, ia berharap agar mantan-mantan kekasih beserta anak-anaknya bersedia untuk merawatnya.

Namun seperti disampaikan Los Angeles Times, Selasa (8/8/2017), seorang kerabat menyampaikan bahwa Sinead O'Connor baik-baik saja. Pasalnya, banyak yang mencemaskan nasib sang penyanyi setelah sempat mengancam akan bunuh diri beberapa waktu lalu.

"Saya mengunggah atas permintaan Sinead, agar semua orang yang mencintainya tahu dia aman, dan dia tidak bunuh diri," seorang kerabat yang tidak disebutkan namanya menyampaikannya pada Senin (7/8/2017) malam melalui Facebook.

Sinead O'Connor (irishmirror.ie)

Lebih jauh, sang kerabat tak hanya membeberkan kondisi Sinead O'Connor usai mengunggah video tersebut pada pekan lalu. Ia juga menyampaikan satu harapan kecil dari Sinead O'Connor.

"Ia dikelilingi oleh cinta dan dirawat dengan sangat baik. Ia meminta agar ini disampaikan hingga ia menyadari bahwa kalian mengkhawatirkannya," kata orang terdekat Sinead O'Connor itu.

Simak videonya berikut ini:

Sinead O'Connor (ew.com)

Dalam video curahan hatinya, Sinead O'Connor bercerita mengenai penyakit mental yang dideritanya. O'Connor yang mengenakan baju biru mengungkapkan bahwa dirinya ingin bunuh diri dalam dua tahun terakhir ini.

Penyanyi yang disebut mengidap bipolar ini juga bercerita mengenai rasa kehilangan terhadap hak asuh anak laki-lakinya yang berusia 13 tahun. Saat kehilangan hak asuh, O'Connor mengancam akan melakukan bunuh diri.

Dikutip dari Independent, Selasa (8/8/2017), video tersebut diunggah dari Travelodge di New Jersey, tempat O'Connor sekarang tinggal. O'Connor mengaku bahwa dirinya mengidap tiga masalah kejiwaan dan hidup sendirian. Ia juga merasa dirinya diperlakukan dengan tidak baik oleh anggota keluarga yang menolak untuk merawatnya.

Sinead O'Connor (paradigmagency.com)

Meskipun begitu, Sinead O'Connor berharap dapat membantu orang lain dengan berbagi tentang apa yang dia rasakan. Setelah melihat video tersebut, ribuan teman dan pendukung O'Connor menunjukkan rasa simpati dan menyarankannya untuk mencari bantuan.

Sinead O'Connor mulai menjalani kehidupan yang bermasalah saat ibunya meninggal pada 1985, kala ia masih remaja. Ia sempat mengklaim bahwa dirinya dan saudara kandungnya sering mengalami penganiayaan fisik dari orangtua mereka. Ia juga pernah menikah empat kali dan melahirkan empat anak dari empat hubungan yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Saran Menaker kepada Kaum Difabel agar Tetap Optimis Bekerja 

Posted: 08 Aug 2017 09:08 PM PDT

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri mengajak kaum difabel atau orang berkebutuhan khusus untuk tetap optimistis dalam menjalani hidup dengan terus berkarya dan bekerja di berbagai bidang. Pemerintah terus mendukung dan memfasilitasi dengan mengadakan pelatihan khusus berupa keterampilan dan berwirausaha, serta menggelar bursa khusus bagi mereka.

"Saya harap rekan-rekan difabel tetap optimistis, tetap berkarya dan bekerja dengan hati. Bukan berapa besar materi yang diperoleh, tetapi seberapa besar keberkahan yang didapat dalam hidup," kata Menaker Hanif saat menghadiri acara Gebyar Pemberian Manfaat Kepada Penyandang Disabilitas se-Provinsi Jawa Barat di Bandung, Selasa, (8/8).

Selama ini, ujar Menaker, mereka yang berkebutuhan khusus juga turut memberikan kontribusi besar terhadap bangsa Indonesia. Sebagai anak bangsa, apa pun kondisinya semua harus bergerak maju dan terus memperbaiki diri supaya memiliki kualitas yang lebih baik.

"Banyak rekan-rekan difabel yang memiliki usaha sendiri dan bisa membuka lowongan kerja. Malah mereka memiliki karyawan orang normal. Ini membuktikan bahwa kesuksesan adalah hak siapa saja, asalkan mau bekerja keras," kata Menteri Hanif.

Menurut dia, pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia harus dilakukan secara inklusif dengan memberi akses kepada siapa saja dan apa pun kondisinya berhak mendapat akses pendidikan dan pekerjaan yang layak.

Pemerintah juga memberikan perlindungan kepada para penyandang disabilitas melalui jaminan sosial yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Pemerintah juga mendorong perusahaan-perusahaan dan BUMN/BUMD turut memberikan kesempatan kerja kepada penyandang kebutuhan khusus sesuai dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuannya.

Berdasarkan data Survei Satuan Kerja Nasional, pada Februari 2017, penduduk usia kerja difabel secara mencapai 21.930.529 orang, sedangkan yang termasuk angkatan kerja sebanyak 11.224.673 orang (51,18 persen). Angkatan kerja disabilitas yang bekerja sebanyak 10.810.451 orang (96,31 persen) dan sisanya sebanyak 414.222 orang (3,69 persen) menganggur.

Sementara itu, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto yang juga hadir di acara tersebut mengungkapkan bahwa jaminan sosial yang diberikan oleh BPJS merupakan bentuk kehadiran negara dalammelindungi warganya.

"BPJS Ketenagakerjaan hadir bagi seluruh masyarakat pekerja tanpa, termasuk kepada penyandang kebutuhan khusus," kata Agus.

Menurutnya, pemerintah sangat serius memperhatikan kesejahteraan masyarakat pekerja. Jika terjadi kecelakaan kepada pekerja dan harus dirawat di rumah sakit misalnya, maka BPJS Ketenagakerjaan akan menanggung semua biayanya sampai sembuh, tanpa ada batasan biaya.

Pada acara tersebut, Menaker Hanif bersama Dirut BPJS Ketenagakerjaan memberikan bantuan kepada beberapa penyandang cacat berupa mesin jahit, kaki palsu, kursi roda, dan beberapa barang lainnya.

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seorang Calon Haji Asal Surabaya Wafat di Madinah

Posted: 08 Aug 2017 09:08 PM PDT

Satu orang lagi jemaah calon haji Indonesia yang meninggal dunia. Calon haji yang wafat di Madinah itu bernama Marfuah (74).

Kasi Klinik l Haji Indonesia (KKHI) Daker Madinah Edi Supriyatna menginformasikan Marfuah merupakan jemaah dari kloter 17 embarkas Surabaya (SUB 17).

"Almarhumah wafat di Al Dar Hospital pada 7 Agustus 2017," kata Edi di Madinah, Selasa 8 Agustus 2017.

"Hasil diagnose, almarhumah wafat karena mengalami serangan jantung," tambah dia.

Menurut dia, sampai hari ini, total jemaah haji Indonesia yang wafat di Madinah Al Munawwarah berjumlah 13 orang. Sebelumnya, ada dua belas jemaah haji Indonesia yang dilaporkan wafat di Madinah, yaitu:

1. Diah Rialati Kasbullah Tjasuri (SOC 05), wafat 7 Agustus 2017 di RS Al Ansaar karena sakit pada saluran pernafasan.
2. Samidi Ciro Sentono (BTH 06), wafat 7 Agustus 2017 di RS King Fahd karena serangan jantung.
3. Mudjiono Sukibat bin Somodimedjo (SUB 08), wafat 5 Agustus 2017 pukul 10.43 WAS di hotel karena mengalami serangan jantung.
4. Supono Suseno Satari bin Suseno (SUB 07), wafat 5 Agustus 2017 jelang Salat Subuh di halaman Masjid Nabawi karena mengalami serangan jantung.
5. Amnah Hasri Husin binti Husin (MES 02), wafat 4 Agustus 2017 pukul 03.00 WAS di hotel karena serangan jantung.
6. Sarnata Sarun (JKG 05), wafat 3 Agustus 2017 pukul 20.00 di hotel karena serangan jantung.
7. Ilebbi binti Jinatta Lepu (UPG 08), wafat 3 Agustus 2017 jam 16.16 WAS di pelataran Masjid Nabawi karena serangan jantung;
8. Hadiarjo Singarejo Singaleksana Kasenet bin Singarejo Kasenet (SOC 01), wafat 3 Agustus 2017 jam 13.00 WAS di hotel karena serangan jantung;
9. Sukamto bin Sudarman Muryadi (JKS 16), wafat 3 Agustus 2017 di RS Al Anshoor, karena serangan jantung.
10. Indriyani Wahadi Wiyono (SOC 02), wafat 2 Agustus 2017 di RS Al Anshoor, karena penyakit jantung.
11. Agus Salim Mulia Siregar (MES 02), wafat 1 Agustus 2017, karena trauma pada tulang leher disebabkan terjatuh.
12. Umi Nadiroh Yunus Husen (SUB 05), wafat 31 Juli 2017 di RS Al Anshoor, karena mengalami serangan jantung.

Selain itu, pada hari ini tercatat ada 23 jemaah haji Indonesia sedang menjalani proses rawat inap di KKHI Daker Madinah.

Sementara, sudah ada 77.672 jemaah haji Indonesia yang tiba di Madinah. Mereka terbagi dalam 191 kelompok terbang yang berasal dari 10 embarkasi. Lebih dari 10 ribu jemaah sudah menyelesaikan Arbain dan bertolak ke Mekah untuk mengikuti proses haji.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Suku Cadang Jaguar dan Land Rover Lawas Bakalan Lebih Mudah

Posted: 08 Aug 2017 09:07 PM PDT

Jumlah mobil klasik milik Jaguar Land Rover cukup banyak di Indonesia. Apalagi, kini JLR global memiliki unit bisnis baru, yaitu penjualan mobil klasik yang direstorasi ulang, dan siap dipesan oleh pecinta mobil asal Inggris di Indonesia.

Nah, bagi pemilik mobil klasik biasanya permasalahan yang sering dihadapi, adalah ketersedian suku cadang yang sudah sulit ditemukan.

Lalu, apakah pihak PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) sebagai distributor resmi JLR di Indonesia menyediakan suku cadang mobil klasik-nya?

"Mereka (pemilik mobil klasik) biasanya kontek langsung (JLR global), tapi kita juga bisa menjembatani untuk tanya ke pabrikan soal suku cadang yang dicari," papar Tryfena Sri Rahajoe, Marketing & Communication Manager PT WAE, di Nava Park, BSD, Tangerang.

Setelah mendapatkan kepastian dari pihak prinsipal, terkait ketersedian suku cadang yang dicari, JLR mengembalikan semua keputusan kepada konsumen, mau pesan lewat pihaknya atau langsung ke pabrikan.

"Kalau lewat kita ada prosedurnya, tapi kebanyakan order langsung ke pabrikan atau banyak pemilik mobil klasik JLR yang beli sparepart langsung ke luar negeri," pungkasnya.

 

Simak juga video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTN Bidik Kredit Konstruksi Khusus Pengembang Rp 25 Triliun

Posted: 08 Aug 2017 09:05 PM PDT

Untuk mendukung program Sejuta Rumah dan juga mendorong penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) mengoptimalkan penyaluran kredit konstruksi ke para pengembang.

"Kami sadar bahwa mewujudkan Program Sejuta Rumah membutuhkan peran serta semua pihak, BTN sebagai inisiator  dan integrator membangun kerja sama antar institusi dalam meningkatkan suplai rumah," kata Direktur Utama Bank BTN, Maryono dalam keterangan tertulis, Rabu (9/8/2017).

Sejalan dengan target penyerapan KPR yang terus meningkat, tahun ini, BTN memasang target penyaluran kredit konstruksi yang diperuntukkan ke pengembang perumahan sebesar Rp 25 triliun. Angka ini lebih tinggi dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar Rp 21,9 triliun.

Per Juni 2017, kredit konstruksi yang sudah disalurkan Bank BTN tumbuh sekitar 18,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, atau senilai Rp 23,5 triliun. Angka tersebut ekuivalen dengan dengan 263.999 unit rumah. Pencapaian tersebut seiring dengan target Bank BTN mengucurkan KPR untuk 666.000 unit rumah pada tahun 2017.

"Para pengembang yang menjadi mitra setia Bank BTN diharapkan berkontribusi lebih besar dalam mencapai target KPR Bank BTN," kata Maryono.

Untuk memotivasi para pengembang memanfaatkan kredit konstruksi dan mendorong penyaluran KPR, sejumlah strategi disusun oleh Bank berkode saham BBTN ini, diantaranya peningkatan penetrasi pasar dan digital marketing.

Bagi para pengembang, BTN memberikan kredit pemilikan lahan dengan sejumlah keistimewaan diantaranya nilai kredit tidak dibatasi tapi sesuai dengan kelayakan harga jual lahan, plafon kredit 70 persen dari total pembelian lahan dengan maksimal lahan seluas 20 hektare.

Masih dalam rangka peningkatan penyerapan KPR, Bank BTN mengoptimalkan pemasaran lewat layanan digital www.btnproperti.co.id. Para pengembang bisa menggunakan portal tersebut untuk memperluas pemasaran mereka lewat jalur online tidak sekadar lewat jalur tradisional seperti pameran.

Tercatat, sebanyak 357 pengembang sudah bergabung di portal ini. Angka ini masih sedikit dibandingkan jumlah pengembang yang bermitra dengan BTN yang mencapai lebih dari 3.500 pengembang. Padahal situs yang mempertemukan nasabah dengan pengembang ini, relatif sukses menggaet jumlah debitur KPR.

Sejak Januari hingga Juli 2017, jumlah aplikasi KPR Online untuk KPR konvensional yang masuk rata-rata 835 aplikasi per bulan. Sementara total nilai KPR di 7 bulan pertama 2017 tersebut mencapai Rp 316 miliar.

Performa pencairan KPR konvensional lewat jalur digital terus menanjak sejak dirilis tahun 2015. Ketika diluncurkan, KPR online yang berhasil dicairkan hanya Rp 155,7 miliar kemudian pada tahun 2016 naik menjadi Rp 241,6 miliar, dan pertengahan tahun ini sudah mencapai Rp 316 miliar.

"Tren aplikasi KPR Online terus meningkat ini berarti masyarakat maupun pengembang menilai aplikasi ini lebih efisien dan mudah," kata Maryono. Selain kanal digital marketing milik sendiri, Bank BTN juga memanfaatkan situs lain terkait dengan jual beli properti.

 Tonton Video Menarik Berikut Ini:


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Mantan Ketua DPR Marzuki Alie untuk Setya Novanto

Posted: 08 Aug 2017 09:02 PM PDT

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami peran Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi e-KTP. Penyidik pun menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Ketua DPR Marzuki Alie.

"Benar, yang bersangkutan akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto) terkait kasus pengadaan e-KTP," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Selain Marzuki, penyidik juga memanggil empat saksi lainnya untuk mendalami peran dari Ketua DPR RI itu. Mereka adalah mantan anggota DPR Numan Abdul Hakim, Ketua Tim Teknis Pengadaan e-KTP Husni Fahmi, Direktur Utama PT Noah Arkindo Hoan Dedei, dan pihak swasta bernama Junaidi Adinata.

"Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SN," imbuh Febri.

Pada surat tuntutan e-KTP dengan terdakwa Irman dan Sugiharto, jaksa penuntut umum (JPU) KPK menyebut Marzuki Alie menerima uang e-KTP dari Andi Narogong dengan kode MA sejumlah Rp 20 miliar.

Selain itu, terdakwa Irman dalam sidang e-KTP juga mengatakan Marzuki Alie sempat marah kepada pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong. Irman menyebut hal ini terjadi karena Marzuki tidak mendapat jatah yang sesuai dari proyek e-KTP.

Sementara, nama Husni Fahmi dalam surat dakwaan disebut menerima uang sejumlah USD 150 ribu dan Rp 30 juta. Husni juga disebut berperan sebagai orang yang membagi-bagikan uang dari Sugiharto kepada beberapa tim teknis.

Dua Sudah Divonis

Dalam perkara ini, dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto sudah divonis masing-masing tujuh dan lima tahun penjara. Keduanya terbukti bersalah melakukan korupsi e-KTP secara bersama-sama.

Tersangka ketiga yakni Andi Narogong yang diduga sebagai salah satu pemeran utama bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun. Berkas penyidikan Andi sudah lengkap dan akan segera disidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta.

Ketua DPR Setya Novanto juga ditetapkan sebagai tersangka. Nama Novanto disebut melakukan korupsi e-KTP secara bersama-sama dalam dakwaan dan tuntutan. Namun dalam vonis namanya menghilang.

Politikus Partai Golkar Markus Nari pun ditetapkan sebagai tersangka kelima. Selain tersangka korupsi e-KTP, Markus juga menjadi tersangka penghalang proses penyidikan dan persidangan.

Markus diduga menyuruh Miryam S Haryani untuk mencabut berita acara pemeriksaan (BAP) dalam sidang. Alhasil, politikus Hanura tersebut ditetapkan sebagai tersangka pemberi keterangan palsu.


Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Makan Es Krim? Ini Caranya agar Tidak Cepat Meleleh

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Es krim salah satu dessert lezat yang selalu digemari siapa pun. Tidak hanya anak kecil tapi orang dewasa pun juga suka mengonsumsinya. Namun, apa jadinya ya es krim tidak bisa mencair atau meleleh?

Di Jepang, tepatnya di Kanazawa, kesalahan seorang koki saat membuat es krim justru membuatnya menemukan cara agar es krim tidak lekas meleleh. Semua bermula saat seorang juru koki pastry tengah membuat kembang gula dengan menggunakan polifenol stroberi.

Namun, koki ini melakukan kesalahan saat susu krim dipadatkan dan langsung ditambahkan polifenol stroberi. Kejadian itu membuatnya tidak menemukan kembang gula baru, tapi malah menemukan bahwa polifenol berlebih itu bisa membuat es krim tidak meleleh jauh lebih lama.

(Es krim Kanazawa/facebook.com)

"Cairan polifenol memiliki sifat menyulitkan air dan minyak untuk memisahkannya," ujar Takeshi Yoda, Pimpinan Pusat Penelitian dan Pengembangan Bioterapi.

Dengan kata lain, es krim yang mengandung polifenol berlebih bisa bertahan tidak mencair. Ia juga mengungkapkan bahkan jika terkena udara panas dan pengering, es krim akan tetap membeku. Hm, menarik ya.

(nd)

Nuraida S Mizanto

STMM MMTC Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sejak Kapan Hadasari Makassar Merasa Jadi Nabi ke-26?

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Hadasari, perempuan paruh baya di Kelurahan Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, mengaku sebagai nabi ke-26 setelah Nabi Muhammad sejak 26 Februari 2013.

"Kalau tidak salah, sejak bulan Februari tahun 2013 dia mengaku sebagai nabi," kata Umar Prawijaya Kusuma, salah seorang warga di sekitar kediaman Hadasari, kepada Liputan6.com, Selasa, 8 Agustus 2017.

Umar mengatakan awal mula Hadasari mengaku nabi, ia sering berkeliling untuk menyebarkan ajarannya di Makassar, seperti di kampus-kampus, sekolah, maupun ke rumah-rumah warga.

"Dulu dia sering keliling itu bawa selebarannya dan dibagikan ke orang-orang, sambil ceramah," kata Umar.

Tak hanya itu, ujar Umar, Hadasari juga menyampaikan ayat-ayat yang terdengar seperti ayat Alquran. "Mirip ayat Alquran tapi bukan, karena agak lain kedengaran," ucapnya.

Selama ini, terang Umar, Hadasari tidak pernah memaksa orang-orang untuk mempercayainya sebagai nabi ke-26, apalagi memaksa untuk mengikuti ajarannya. Kebanyakan orang juga tidak percaya dengan apa yang disampaikan oleh wanita itu.

"Orang-orang kebanyakan tidak percaya, makanya sampai sekarang tidak ada pengikutnya," katanya.

Dua tahun terakhir, Hadasari tak lagi gencar menyebarkan ajarannya dan menyampaikan kepada masyarakat bahwa dirinya adalah nabi. Ia lebih banyak mengurung diri di rumah.

"Dua tahun ini jarang dia kelihatan, banyak mengurung diri di rumahnya. Saya tidak tahu kenapa," ujar Umar.

Nama Hadasari kembali menjadi buah bibir setelah dia mendatangi Kantor Lurah Biring Romang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada Senin siang, 7 Agustus 2017. Hadasari memaksa lurah dan seluruh stafnya untuk mengakui dirinya adalah nabi ke-26 yang diutus Allah setelah Nabi Muhammad SAW.

Untuk meyakinkan Lurah Biring Romang dan para staffnya, Hadasari menunjukkan sebuah kitab yang disebutnya sebagai wahyu yang diturunkan kepadanya. Kitab itu merupakan tulisan tangan yang kemudian difotokopi oleh Hadasari.

Hadasari sempat diminta untuk mengucapkan dua kalimat syahadat oleh salah seorang ketua RT yang berada di kantor lurah. Namun, kalimat syahadat yang diucapkan nabi ke-26 ini terdengar aneh.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Raih Piala Super Eropa, Real Madrid Masih 'Lapar' Trofi

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Real Madrid berhasil mengalahkan Manchester United (MU) 2-1 di ajang Piala Super Eropa 2017 di Philip II Arena, Skopje, Rabu dini hari WIB (9/8/2017). Ini adalah kali keempat Real Madrid menjuarai Piala Super Eropa menyusul kesuksesan 2002, 2014, dan 2016.

Usai pertandingan, pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mengatakan tim asuhannya masih lapar gelar. Bahkan, dia berjanji akan lebih banyak lagi trofi yang diraihnya setelah kemenangan di Piala Super Eropa.

"Kami memiliki banyak talenta dan dengan kerja keras kami bisa mencapai hal-hal hebat," kata Zidane. "Kami sangat lapar, kami selalu menginginkan lebih.

Zidane mengatakan, penampilan Real Madrid pada laga itu hampir sempurna. Di babak pertama permainan anak asuhnya cukup fantastis, meski di babak kedua mereka harus sedikit berjuang keras.

"Ada perayaan besar di ruang ganti, itu normal, kami tidak pernah bosan menang," ujarnya.



Zidane bersama timnya sudah mencetak kemenangan ke-66 di semua kompetisi. "Kami tahu bahwa setiap pertandingan akan semakin sulit dan kami akan menghadapi lawan yang sangat baik sepanjang musim ini. Yang pertama datang pada hari Minggu," kata pelatih Real Madrid ini.

Gelandang Real Madrid, Isco Alarcon, mencium trofi Piala Super Eropa. Isco jadi bintang kemenangan 2-1 atas Manchester United di Philip II Arena, Skopje, Rabu (9/8/2017) dini hari WIB. (AFP/Dimitar Dilkoff)

Selanjutnya, Zidane juga sempat menyanjung penampilan Isco Alarcon. Pemain ini jadi bintang kesuksesan Real Madrid mengalahkan Manchester United pada Piala Super Eropa 2017.

Dia mencetak salah satu gol kemenangan Madrid atas MU. Karena itu, Isco Alarcon terpilih menjadi man of the match.

Zidane berharap manajemen bergerak cepat untuk memperpanjang kontrak anak asuhnya.

"Isco semakin membaik. Dia memiliki gaya unik. Saya kira dia pantas mendapat kontrak baru," kata Zidane, dilansir AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Guru Asal Semarang Jadi Fasilitator Indonesia Android Kejar

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Wahkyudi, seorang seorang lulusan Universitas Negeri Semarang, mengawali kariernya sebagai guru di lembaga bimbingan belajar tepat setelah menyelesaikan studinya.

Beberapa tahun kemudian ia menjadi guru di SMK Telekomunikasi Tunas Harapan di Salatiga. Semarang-Salatiga ia tempuh pulang-pergi menggunakan sepeda motor. Bahkan, aktivitas ini telah ia jalani selama lima tahun.

Namun, kini Wakhyudi sangat menikmati aktivitasnya menggeluti sistem operasi Android.

Berawal dari mendirikan sebuah komunitas bernama SANDEC (Semarang Android Development Center) bersama beberapa temannya pada tahun 2016, ia memutuskan untuk ikut serta sebagai fasilitator Android Kejar Batch 3 level beginner. Dari 10 orang yang mengikuti kelasnya, tujuh di antaranya menyelesaikan final project dan lulus pada akhir Mei 2017 lalu.

Dengan antusias, ia menjelaskan pengalamannya selama menjadi fasilitator Indonesia Android Kejar. "Ya lebih banyak sukanya, bahkan dukanya enggak ada. Di kelas itu kita bertemu orang-orang baru, terutama mahasiswa, orang-orang muda yang masih bersemangat," kata Wakhyudi.

Yang agak miris, lanjut Wakhyudi, di kelas yang ia ajar, ia bertemu seorang mahasiswa semester 12 yang hampir drop out. "Itu kesempatan saya untuk memotivasinya. Alhamdulillah, ia termasuk peserta yang lulus dari kelas saya," tutur ayah dari seorang putri berusia lima tahun tersebut.

Sebagai guru, ia ingin menyadarkan orang-orang di sekitarnya terutama mahasiswa supaya memiliki kemauan lebih, khususnya di sektor teknologi informasi (TI). Melalui Indonesia Android Kejar ia merasa terpanggil dan bersedia untuk terus berbagi ilmu dan wawasan Android yang ia punya.

"Wong Google kasih fasilitas gratis dengan program ini kok, ya tinggal kitanya aja, mau ngga jadi bermanfaat untuk orang lain?" katanya dengan logat khas Semarang.

Namun, ia menekankan, para peserta mesti mengikuti Indonesia Android Kejar bukan untuk mengejar sertifikat yang didapat di akhir program, melainkan betul-betul untuk mencari ilmu dan pengalaman.

Android Kejar pada praktiknya memanfaatkan platform kursus online Udacity untuk mengembangkan aplikasi mobile dengan membentuk kelompok-kelompok belajar di komunitas-komunitas lokal yang ada.

Secara berkelanjutan Indonesia Android Kejar akan terus dilangsungkan sebagai bentuk nyata komitmen Google dalam membantu pemerintah Indonesia mempersiapkan 100.000 mobile developer hingga 2020. Informasi lebih lengkap mengenai Indonesia Android Kejar dapat ditemukan di tautan ini.

(Why/Ysl)

Tonton Video Menarik Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar dan Garuda Food Kokoh Tebarkan Wonderful Indonesia

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Kabar industri yang berbondong-bondong melakukan co-branding bersama Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia semakin deras. Merk-merk besar pun bakal bergabung dalam "Wonderful Indonesia Co-Branding Forum" pada 10 Agustus 2017, yang akan diluncurkan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya di Jakarta.

Kali ini yang memastikan bergabung bersama 19 korporasi lain adalah Garuda Food. Perusahaan makanan yang tempat produksinya berada di Pati, Jawa Tengah, itu termasuk yang sudah lama menggunakan cara modern dalam membangun brand.

"Kami gembira kembali bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan produk asli Indonesia sekaligus mempopulerkan pariwisata dengan branding Wonderful Indonesia/Pesona Indonesia yang semakin mendunia itu," kata Hardianto Atmadja, CEO Garuda Food.

MoU rencananya akan dilaksanakan secara bersama-sama pada Kamis (10/8/2017) di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Lt 1, Jalan Merdeka Barat No. 17, Jakarta Pusat.

Hardianto, yang meraih penghargaan sebagai CEO idaman kategori consumer goods dalam ajang Indonesia Most Admired CEO (IMAC) 2016 ini, menyampaikan bahwa tahun lalu pihaknya juga telah melakukan kolaborasi bersama Kemenpar.

"Tahun lalu promosi produk Garuda Food dengan branding Wonderful Indonesia untuk pasar mancanegara dan Pesona Indonesia untuk pasar nusantara. Kemasan baru dan branding ini juga akan tampil dalam iklan-iklan produknya, baik di TVC maupun video klip," ucap dia.

Untuk tahun ini, Wonderful Indonesia bersama Garuda Food akan bersama-sama menggarap pasar India.

"Kita telah berekspansi ke India pada 2012 lalu. Produk andalan kami kacang atom dan wafer stik. Brand chocolate (wafer stick) yang dibawa ke India dengan merk Gone Mad ternyata booming, merajai pasar, dan sangat disukai masyarakat," kata Hardianto.

Di India, imbuhnya, perusahaan Garuda Polyflex Food yang bertugas memasarkan produk Chocolatos dengan merek 'Gone Mad'. Ini merupakan joint venture Garuda Food dengan Polyflex Pvt.

Dalam prosesnya, perusahaan menerapkan continues improvement, brand reputation, distribution network, serta cultural fit untuk dapat sukses sebagai 'Global Chaser' -- merk Indonesia yang perkasa di pentas dunia. Saat ini, Garuda Food Group juga menyasar pasar di beberapa negara seperti Cina, Vietnam, Singapura, Australia, serta sejumlah negara di Eropa, Amerika. dan ASEAN.

Bagi Kemenpar, dipilihnya India memang bukan tanpa alasan.

"India dipilih karena merupakan pasar yang potensial. Selama tahun 2016 saja sudah hampir 300ribu inbound dari India. Artinya, hampir setiap hari ada 900 orang yang terbang ke tanah air. Padahal, saat itu tidak ada direct flight dari India ke Indonesia." kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti, yang didampingi Plt Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata, Nusantara Hariyanto.

Belum lagi kedekatan India dengan Indonesia. Kisah Ramayana, Mahabharata, dan nama-nama pewayangan berasal dari negara yang terkenal dengan film Bolywood itu. Penyebaran Islam ke Aceh juga dari pedagang Gujarat, India, ratusan tahun silam.

"Ada kedekatan budaya yang bisa menjadi koneksi dan magnet pariwisata," kata Esthy.

Pada 2016, jumlah wisatawan India yang datang ke Indonesia ada 376.802 orang. Jumlah itu naik 28 persen dibandingkan dengan 2015. India memang salah satu pasar potensial yang perlu digarap karena setiap tahun ada 22 juta orang India pergi ke luar negeri. Sementara Indonesia baru dapat sekitar 1,5 persen dari 22 juta orang itu.

"Tahun ini Kemenpar menargetkan 550 ribu kunjungan wisatawan mancanegara (wisman), naik 46% dibanding tahun lalu yang berjumlah 376.802 kunjungan. Dari kunjungan tersebut diharapkan bisa menarik devisa hingga US$ 550 juta atau sekitar Rp 7,32 trilliun," ujar Esthy.

Sementara itu, Hariyanto menyebutkan bahwa secara persyaratan Garuda Food sudah memenuhi kriteria lengkap untuk diajak berkolaborasi.

"Mulai persyaratan produknya, kemudian harus produk Indonesia dan distribusinya berskala Internasional, semuanya sudah terpenuhi," ucap dia.

Hariyanto juga menjelaskan, sejauh ini 20 brand sudah siap melakukan MoU. Semuanya terbagi dalam dua kategori, yaitu mitra food dan non-food. Merk-merk tersebut antara lain JJ Royal, Martha Tilaar, Polygon, Sahid Group, Tiket.com, Alleira Batik dan Gaia, Sunpride, Sarinah, Rumah Zakat, Sido Muncul, Sekar Group, Krisna oleh-oleh, Secret Garden , Achilles, Sababay Wine, Bon Gout, Batik Trusmi, Dapur Solo, Malang Strudle, dan Garuda Food

"Pada MoU nanti akan disaksikan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya dan para perwakilan brand seperti Teuku Wisnu, Martha Tilaar, Gusti Ngurah Anom, Dian Sastrowardoyo selaku founder frameatrip, dan masih banyak lagi," kata dia.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Makanan yang Harus Dihindari Pasien Diabetes Tipe II

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Menjaga pola makan sehat merupakan hal penting bagi penderita diabetes. Namun, beberapa makanan dan minuman yang nampaknya sehat ternyata bisa membahayakan jika konsumsi oleh penderita diabetes tipe II.

Selain itu, penderita diabetes tipe II harus cermat jika mengkonsumsi makanan olahan, seperti jus, smoothie dan gandum olahan. Makanan yang terlihat sehat seperti snack gandum yang diolah ternyata memiliki kadar gula yang bisa membahayakan pasien diabetes.

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (9/8/2017), berikut ini lima makanan yang harus dihindari pasien diabetes tipe II.

1. Jus buah

Mengkonsumsi buah secara utuh lebih baik dibandingkan minum jus buah. Segelas jus buah mengandung 60 gram karbohidrat. Selain itu, semua serat dalam buah terlepas saat proses pembuatan jus. Menurut laman Boldsky, jus buah merupakan salah satu makanan tidak sehat yang menyebabkan diabetes.

2. Yoghurt buah

Yoghurt buah merupakan salah satu makanan teratas yang harus dihindari oleh penderita diabetes tipe 2.

Meskipun dibuat dari susu, yoghurt tetap mengandung karbohidrat. Saat Anda menambahkan puree buah sebagai pemanis, hal itu dapat menghilangkan protein dan kalsium dari yoghurt. Sebagai gantinya, Anda bisa mencari yoghurt Yunani polos bebas lemak.

3. Makanan kemasan rendah lemak

Seringkali, versi makanan rendah lemak dibuat dengan menambahkan gula untuk menggantikan rasa yang hilang saat lemak berkurang. Contohnya adalah selai kacang dan saus salad. Anda perlu menghindari atau mengonsumsinya dalam jumlah kecil. Ini adalah salah satu makanan tidak sehat bagi individu diabetes.

4. Oatmeal dengan tambahan rasa

Saat ini, sudah banyak tersedia oatmeal dengan tambahan rasa buah. Jika Anda memeriksa label dari paket oatmeal, Anda akan mendapati bahwa nilai seratnya hilang akibat tambahan gula dan bahan-bahan lain yang tidak diinginkan. Ini juga salah satu makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

5. Granola

Kebanyakan granola dipermanis dengan gula atau madu dan sekumpulan buah kering di dalamnya. Hal ini dapat menambah kandungan karbohidrat. Granola adalah sumber karbohidrat yang kompleks. Porsi kecil granola itu sendiri bisa mengandung banyak karbohidrat. Ini adalah salah satu makanan yang buruk untuk diabetes.

Saksikan juga video berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Komisaris Independen AirAsia, Raline Shah: Alhamdulillah

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Raline Shah resmi ditunjuk menjadi salah satu Komisaris Independen Air Asia Indonesia oleh CEO Air Asia, Tony Fernandes. Kabar tersebut pertama kali mencuat setelah Tony Fernandes mengunggah foto kebersamaannya dengan bintang film 5 Cm ini di akun Instagram pribadinya. 

"Selamat datang @ralineshah sebagai Independent Director (Komisaris) Air Asia Indonesia. Keberagaman selalu menjadi mantra kami," tulis Tony Fernandes dalam unggahannya ini. 

Raline Shah (Foto: Instagram)

Bagi Raline Shah, penunjukan dirinya sebagai komisaris independen ini adalah sebuah kehormatan sekaligus kesempatan besar dalam hidupnya.

"Alhamdulilah ini kesempatan yang baik untuk saya belajar memberi Air Asia sisi pandang yang lain karena saya dari bidang yang lain juga," ujar Raline Shah, kala ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (8/8/2017).

Raline Shah sendiri merasa dunia bisnis sangat dekat dengan kehidupannya. Sebab, anggota keluarganya kebanyakan berprofesi sebagai pebisnis. Oleh karena itu, ia merasa senang dengan niat baik Air Asia.

"Secara pribadi saya juga merasa bahwa bisnis itu sudah ada dalam darah daging saya. Jadi saya menerima ini dengan baik," kata Raline Shah.

Tak banyak kata yang keluar dari mulut Raline Shah terkait kabar dirinya yang diangkat menjadi salah satu direktur Air Asia Indonesia. Ia menerima niat baik Tony Fernandes yang mengajaknya bergabung dengan perusahaannya.

"Alhamdulillah, ya sudah gitu aja ya," kata Raline Shah.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batam dan Bali Gaet Wisman Malaysia Paling Banyak

Posted: 08 Aug 2017 09:00 PM PDT

Pameran pariwisata di luar negeri cukup efektif dalam menjaring wisatawan mancanegara (wisman) untuk datang ke Indonesia. Begitu pula dengan MATTA Fair yang berlangsung pada 4-6 Agustus lalu, mampu menambah jumlah wisman ke Indonesia, terutama untuk destinasi Batam dan Bali.

Kepala Bidang Pameran Pasar Asia Tenggara Dusep Mulya mengatakan, dua destinasi ini memang menjadi unggulan booth Wonderful Indonesia di MATTA Fair Johor Bahru 2017. Peserta yang ikut pameran pun lebih banyak menawarkan paket wisata untuk kedua destinasi tersebut.

"Ini karena Batam secara geografis dekat dengan Johor, dapat ditempuh dengan feri. Sementara Bali masih secara umum menjadi destinasi favorit. Disusul juga dengan Sumatera Utara dan Lombok," ucap Dusep kepada Liputan6.com, Senin (7/8/2017).

Total untuk transaksi yang didapat dari MATTA Fair Johor Bahru 2017 secara keseluruhan adalah Rp 2,59 triliun. Dengan rincian transaksi real sebesar Rp 961.985.600 dan transaksi potensial yakni Rp 1.635.116.800. Angka ini meningkat sebanyak 13,85 persen dibandingkan dengan nilai tahun lalu.

Perbaikan infrastruktur

Dengan kenaikan jumlah wisman ke Indonesia, pemerintah pun perlu berbenah untuk segi infrastruktur dan fasilitas yang ditawarkan. Misalnya dengan memperbaiki fasilitas feri sehingga wisman semakin nyaman berpergian ke Batam.

Dusep mengatakan, peningkatan jumlah wisman saat ini masih dipengaruhi oleh upaya promosi yang digencarkan oleh Kementerian Pariwisata. Agar jumlahnya terus meningkat dan memuaskan wisman yang sudah datang, tentu harus dibarengi dengan upaya-upaya perbaikan tempat pariwisata.

"Destinasi pariwisata baru misalnya, seperti ke Yogyakarta itu cukup menarik. Apalagi dengan promosi viral di media sosial menambah ketertarikan wisman untuk datang ke sana," ucap Dusep.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK: Banyak Kritikan, Perlu Perbaikan Program Dana Desa

Posted: 08 Aug 2017 08:53 PM PDT

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan, meski saat ini program dana desa tengah mendapatkan kritik mengenai pola penyalurannya, namun program ini tetap penting untuk terus dijalankan dan diperbaiki.

JK mengungkapkan program seperti dana desa tetap penting untuk terus dipertahankan. Sebab melalui kedua hal ini diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya di wilayah pedesaan melalui pembangunan infrastruktur.

"Kita berikan program cash transfer seperti PKH dan juga subsidi lainnya kepada penduduk. Tapi ini tentu belum cukup. Yang penting adalah bagaimana meningkatkan pendapatan masyarakat secara keseluruhan. Karena subsidi yang diperbesar maka mengurangi kemungkinan kita bangun infrastruktur," ‎ujar dia saat membuka Indonesia Development Forum (IDF) 2017 di Jakarta, Rabu (9/8/2017).

JK menuturkan, memang program dana desa yang berjalan selama ini belum berjalan dengan baik karena ada yang menyatakan dana tersebut bocor oleh oknum-oknum tertentu. Oleh sebab itu, perlu ada perbaikan terus menerus agar dana desa bisa tepat sasaran dan optimal.

"Tentu maka subsidi KUR, dana desa mustinya tentu diperbaiki dan diperbanyak walaupun hari terakhir banyak kritikan tentang cara kita memberikan. Begitu besar ke desa tapi juga bocor di kalangan menengahnya. Ini semua banyak hal," kata dia.

‎Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengindentifikasi empat celah penyelewengan dana desa di Indonesia. Keempat celah itu terdapat pada regulasi, tata laksana, pengawasan serta kualitas, dan integritas SDM yang mengurus dana desa.

Wakil Ketua KPK Laode M Syarif mengatakan, pihaknya sudah menyelesaikan kajian pengelolaan keuangan desa. KPK pun pernah memberikan hasil kajian itu kepada pemerintah. Kenapa hal ini menjadi penting?

"Karena pada 2017 pemerintah mengalokasikan Rp 60 triliun yang disalurkan melalui kabupaten/kota. Pemkab Pamekasan bahkan mengelola Rp 720 juta per desa, bayangkan praktik yang sama terjadi di semua desa bisa saja uang yang dianggarkan yang Rp 60 triliun itu tidak mencapai sasarannya?" kata Laode.

KPK, lanjut dia, sudah menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk bekerja sama dengan Kementerian Desa. KPK berharap laporan sistem pengelolaan dana desa lebih sederhana. Oleh karena itu, BPKP membuat sistem laporan yang agak berbeda dengan sistem laporan APBN biasa.

"Kedua kami juga meminta ada sistem pelatihan yang baik khususnya pendamping dan kepala desa. Bahkan saya hadir saat pelatihan itu dan berkampanye keliling Yogyakarta agar dana desa harus tepat sasaran karena itulah yang juga diminta presiden agar dana desa tepat sasaran dan membangun kesejahteraan masyarakat," ujar Laode seperti dilansir Antara.

Selain itu, KPK melakukan pendampingan ke dua kementerian terkait dana desa ini. Kedua lembaga itu adalah Kementerian Desa dan Kementerian Dalam Negeri.

"KPK sangat menaruh harapan memang kalau kita lihat satu desa mendapat Rp1 miliar dan kelihatannya tahun 2018 akan lebih besar lagi, bahkan kami dengar akan dilipatgandakan. Karena itu sistem pengawasan dan pengelolaan harus betul-betul diperhatikan," tegas Laode.‎

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berusia Satu Dekade, Ini Perasaan Girls Generation

Posted: 08 Aug 2017 08:50 PM PDT

Girls Generation merupakan girlband K-Pop yang debut 2007 silam dengan sembilan personel. Tak terasa, sudah sepuluh tahun Girls Generation menghibur penggemar setianya, yang disebut SONE, dengan berbagai karyanya.

Sejak menelurkan karyanya Gee (2009), Girls Generation terus berkembang dan dicintai penggemarnya. Berbagai macam penghargaan pun telah diraih Girls Generation, mulai dari lokal hingga internasional.

Bahkan, Girls Generation berhasil membawa pulang YouTube Music Award 2013. Di penghargaan tersebut, Girls Generation berhasil mengalahkan penyanyi dunia, seperti Lady Gaga dan Justin Bieber.

Beberapa kali, karya Girls Generation juga bertengger di chart internasional, Billboard World Album Chart untuk karya Lion Heart (2015) dan I Got A Boy (2013). Semua peraihan itu tak disangka oleh personel Girls Generation.

Merayakan ulang tahun yang ke-10, personel Girls Generation mengungkapkan semua perasaannya melalui channel V. Salah satunya, mengenai perasaan mereka saat ini.

"Saat kami awal debut, semua orang bertanya apa yang kami lakukan 10 tahun mendatang. Ketika itu, aku sama sekali tidak bisa menjawabnya. Aku sangat bingung. Aku berpikir, Girls Generation masih memiliki jalan yang sangat panjang," kata Sooyoung, diwartakan Nate, Selasa (8/8/2017).

"Kami benar-benar masih kecil saat itu. Kami ingat, kami pernah bermain ke taman hiburan bersama. Kami juga senang bisa menjadi contoh baik untuk remaja," sebut Girls Generation berbarengan.

 
Ada sebuah momen yang menorehkan nama Girls Generation. Saat itu, salah seorang personelnya, Jessica Jung, hengkang pada 2014 silam, menjadi sebuah drama tak terlupakan di ranah K-Pop.

Jessica Jung sempat menjadi buah bibir saat dirinya mengabarkan telah didepak dari girl band yang membesarkan namanya, Girls Generation, September 2014. Namun pihak SM Entertainment--agensi yang mengasuh Girls Generation--menyebutkan Jessica keluar atas keinginan dirinya sendiri karena sibuk dengan produk fesyen BLANC & ECLARE.

Tak lama setelah hengkang Jessica kemudian meluncurkan BLANC & ECLARE. Bahkan, Jessica mulai merambah ke dunia hiburan Tiongkok, termasuk menjadi bintang iklan dan ikut variety show di sebuah televisi di Negeri Tirai Bambu.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Persipura, Bali United Ingin Main Cerdas

Posted: 08 Aug 2017 08:45 PM PDT

Bali United bertekad mencuri kemenangan dalam lawatannya ke markas Persipura Jayapura, pada Rabu (9/8/2017) sore WIB. Pelatih Bali United, Widodo C Putro mengatakan dirinya sudah menyiapkan strategi khusus agar tak kalah dua kali dalam bentrokan mereka di Liga 1.

Pada pertemuan terakhir di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, April lalu, Serdadu Sridatu kalah 1-2. Striker Sylvano Comvalius sempat membuat skor imbang, bek Abdul Rahman Sulaiman membuat gol bunuh diri yang menguntungkan tim tamu.

"Kami datang jauh-jauh dari Bali ke Jayapura tentu ingin hasil positif. Namun menghadapi Persipura di kandangnya pasti tidak mudah. Kami harus kerja keras dan kerja cerdas untuk bisa meraih poin disini," kata Widodo dalam jumpa pers pra-pertandingan, seperti dilansir dari laman resmi klub.

Bali United membawa 20 pemain ke Jayapura. Untuk sektor depan, tim Serdadu Tridatu kehilangan Ricky Fajrin yang membela Timnas Indonesia U-22, tapi diperkuat kembali oleh striker blasteran Irfan Bachdim.

Hasil dari pertandingan nanti akan menentukan posisi kedua klub di pekan ke-18 Liga 1. Andai Bali United menang, mereka masih kalah head-to-head dengan pemuncak klasemen sementara Madura United.

Dalam kesempatan yang sama, rekrutan baru Bali United Steven Imbiri sudah menyiapkan fisik dan mental untuk melawan tim tanah kelahirannya. Dia juga mengaku laga away pertama di paruh musim kedua Liga 1 juga dimanfaatkan untuk mengunjungi keluarganya di Jayapura.

"Saya siap secara fisik maupun mental apabila dipercaya tampil di pertandingan besok. Saya tetap menghormati Persipura sebagai salah satu tim terbaik di Indonesia," kata Steven.

Dia menyambung, "namun saya siap profesional menghadapi Persipura yang merupakan tim daerah asal saya. Saya sadar betul tekanan dari pendukung tuan rumah pasti besar, tapi demi lambang tim yang saya bela saat ini, kerja keras adalah harga mati."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Bekasi Berkerumun Tonton Pembongkaran Makam Pria Dibakar

Posted: 08 Aug 2017 08:43 PM PDT

Tim Disaster Victim Indentification (DIV) Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bidokes) Polda Metro Jaya bersama Forensik RS Polri, akan menggali makam M Alzahra atau Joya (30), ayah dua anak yang tewas dibakar massa karena dituduh mencuri amplifier.

Penggalian dilakukan di Tempat Pemakaman Umun (TPU) Kedondong, BTN Buni Asih, Kampung Kongsi, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi. Proses ini untuk mengetahui penyebab pasti kematian Joya.

Pantauan di komplek pemakaman, warga terlihat sudah memadati lokasi tempat dimakamkannya Joya. Makin siang, warga makin berkerumun. Mayoritas mereka merupakan kaum ibu dan mengaku penasaran dengan langkah Polres Metro Bekasi yang membongkar pusara Joya setelah sepekan dimakamkan.

Bahkan, sebagian dari mereka rela duduk menunggu berjam-jam dan lebih dulu dari jadwal pembongkaran makam, yaitu pukul 08.00 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, makam warga Kampung Kavling Jati, RT 04/05, Nomor 141, Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara itu, belum dibongkar. Petugas gabungan kedokteran belum terlihat datang

Sementara itu, Siti Jubaida (25), dan putranya Alif Saputra (4) beserta keluarga memilih untuk berdiam diri di kediamannya. Dia mengaku tak kuasa melihat makam suaminya dibongkar untuk keperluan autopsi. Hanya terlihat ayah kandung dari Joya, Asmawi yang ada di lokasi.

"Enggak ingin aja mas, takut enggak kuat, takut ada apa-apa sama kandungannya," kata Pandi, mertua korban kepada Liputan6.com, Bekasi, Rabu (9/8/2017).

Kuasa hukum keluarga Joya, Abdul Chalim Sobri membenarkan jika pembongkaran tersebut membuat keluarga korban trauma. Mengingat, peristiwa pemukulan dan pembakaran terhadap korban di Pasar Muara Bakti, Babelan, baru sepekan terjadi.

"Keluarga masih shock. Di agamanya, perempuan tidak harus datang ke makam," ujar Abdul.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Langka, Pelangi Pink Hiasi Langit Inggris

Posted: 08 Aug 2017 08:40 PM PDT

Selama ini kita mengenal warna pelangi ada tujuh. Keseluruhan warna tersebut kerap kita singkat dengan kata "mejikuhibiniu".

Namun, baru-baru ini masyarakat dibuat kaget oleh fenomena langka seputar pelangi yang terjadi di Inggris. Warna pelangi yang selama ini bermacam-macam kini tampak didominasi oleh satu warna, yaitu pink atau merah jambu.

Dikutip dari laman BBC, Rabu (9/8/2017), menurut seorang ahli, fenomena pelangi pink yang yang menghiasi langit kota Britol, Taunton dan Yate itu dikatakan sebagai "ilusi optik".

Presenter BBC Weather, Simon King, mengatakan, tak ada nama khusus untuk fenomena tersebut.

Fenomena pelangi merah (Twitter/@MikeSRigby)

Fenomena langka ini terjadi akibat kemunculan pelangi yang bersamaan dengan waktu senja. Akibatnya, matahari yang mulai tenggelam mendominasi warna merah muda pada pelangi.

Fenomena pelangi merah (Twitter/@rshipleyart)

Masyarakat dibuat terkesima dengan tampilan pelangi tersebut. Banyak netizen yang mengabadikan momen seperti ini untuk disebarluaskan ke media sosial.

"Biasanya, kemunculan pelangi disebabkan oleh tetesan air pada atmosfer yang memantulkan cahaya matahari ke spektrum warna yang berbeda," ujar Simon King.

"Selain itu, pelangi tersebut muncul saat matahari terbenam yang kala itu langit bernuansa merah muda. Ditambah lagi posisi matahari yang lebih rendah sehingga warna ungu, biru dan hijau pada pelangi kian berkurang," kata dia.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teuku Wisnu Pelopor Artis Berbisnis Oleh-Oleh?

Posted: 08 Aug 2017 08:40 PM PDT

Beberapa artis memilih untuk melebarkan aktivitasnya berbisnis dengan membuka gerai makanan atau kuliner. Hal ini pun menjadi fenomena dan tengah hangat dibicarakan. Namun, jauh sebelumnya, aktor Teuku Wisnu telah lebih dulu memulainya dengan nama Malang Strudel yang diresmikan pada 24 Desember 2014.

Teuku Wisnu (Galih W. Satria/Bintang.com)

Sosok Teuku Wisnu seakan menjadi inspirator yang dicontoh kebanyakan artis. Bahkan bisa dibilang, Teuku Wisnu pioneer dalam bisnis oleh-oleh kekinian. Terbukti, dari outlet berukuran kecil telah menjelma menjadi outlet besar dengan parkiran yang super luas.

"Iya, seperti saya ceritakan sebelumnya. Ide membuka bisnis oleh-oleh kekinian ini, yang saya beri nama Malang Strudel, saya dapatkan ketika sedang berlibur ke Eropa bersama istri (Shireen Sungkar). Strudel sendiri merupakan kue khas Austria yang kita jadikan oleh-oleh kekinian Malang, tentu dengan menyesuaikan cita rasa yang bisa diterima oleh lidah orang Indonesia," ujar Teuku Wisnu menceritakan awal dirinya merintis bisnis tersebut.

Dai situ, Teuku Wisnu dan beberapa rekannya berinisiatif untuk memanfaatkan buah-buahan asli Malang untuk dijadikan dalam bentuk kue. Teuku Wisnu menciptakan Malang Strudel dengan bermacam-macam varian, seperti apel, strawberry, banana, mixfruit, dan masih banyak lagi.

Pemeran Farel di sinetron Cinta Fitri ini berhasil membaca peluang ketika memilih Malang menjadi tempat untuk mendirikan tokoh oleh-olehnya ini. Menurut Wisnu, Malang merupakan kota yang berpotensi sekali, dengan jumlah wisatawannya yang sangat tinggi.

Teuku Wisnu

"Bisnis ini juga tentunya sangat berpengaruh dan memiliki impact sosial yang positif, sesuai dengan yang saya dan teman-teman harapkan di awal. Seperti menambah lapangan pekerjaan warga Malang di sekitar lokasi produksi, di mana dulunya banyak ibu-ibu rumah tangga yang pengangguran sekarang bisa bergabung untuk menjadi pelipat kotak ataupun pengupas buah," ujar Teuku Wisnu mensyukuri.


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sektor Keuangan dan Tambang Jadi Penopang IHSG pada Semester II

Posted: 08 Aug 2017 08:37 PM PDT

Sektor saham keuangan, pertambangan dan konstruksi diperkirakan menopang laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada semester II 2017.

Perbaikan harga komoditas terutama batu bara dan perbaikan rasio kredit macet atau non performing loan (NPL) menjadi katalis untuk sektor saham keuangan dan tambang.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) hingga Selasa 8 Agustus 2017, sektor saham keuangan menguat 20,64 persen, dan memimpin penguatan terbesar. Disusul sektor saham infrastruktur, utilitas dan transportasi naik 15,92 persen dan sektor saham industri dasar dan kimia mendaki 13,95 persen. Sedangkan sektor tambang naik 7,3 persen sepanjang 2017.

Analis PT Koneksi Kapital Alfred Nainggolan menuturkan, sektor tambang, perbankan masih menarik pada semester II 2017. Ia melihat, ada potensi kenaikan untuk sektor saham tersebut. Untuk sektor tambang, Alfred menuturkan, penguatan harga komoditas terutama batu bara menjadi katalis positif. Padahal harga batu bara melonjak di tengah harga minyak masih di kisaran US$ 50 per barel.

"Kalau sektor tambang, harga komoditas memberi keuntungan. Dengan harga batu bara mencapai US$ 90 per metrik ton di newcastle ini di luar harapan. Padahal harga minyak di bawah kisaran US$ 50-US$ 70," ujar Alfred saat dihubungi Liputan6.com.

Alfred menuturkan, bila emiten batu bara memperbaharui kontrak panjang baru terkait harga batu bara. Hal itu dapat berdampak positif untuk kinerja keuangan emiten batu bara.

Sedangkan sektor saham keuangan yang menguat, menurut Alfred didorong ada perbaikan rasio kredit macet bank pada semester I. Perbaikan NPL itu terjadi di emiten bank-bank besar. Ditambah ada pertumbuhan kredit dan perbaikan NPL pada semester I tersebut, William menilai fundamental bank lebih baik.

Sementara itu, sektor saham barang konsumsi tumbuh 3,48 persen sepanjang 2017. Ini diikuti sektor manufaktur naik 4,83 persen dan perdagangan menguat 6,27 persen.

Ini juga dipengaruhi kinerja emiten barang konsumsi menguat tipis. PT Unilever Indonesia Tbk mencatatkan kenaikan 9,87 persen menjadi Rp 3,62 triliun pada semester I 2017. Penjualan PT Unilever Indonesia Tbk naik 2,49 persen menjadi Rp 21,26 triliun.

Sementara itu, PT Mayora Indah Tbk membukukan laba tahun berjalan yang diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp 547,83 miliar pada semester I 2017 dari periode sama tahun sebelumnya Rp 591,24 miliar. Penjualan naik 1,23 persen menjadi Rp 9,39 triliun.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mencatatkan kenaikan penjualan 1,6 persen menjadi Rp 18,46 triliun pada semester I 2017. Sementara itu, laba periode berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk tumbuh 5,7 persen menjadi Rp 2,09 triliun.

Ekonom UI Lana Setianingsih menilai ada potensi daya beli masyarakat menengah bawah melambat imbas penyesuaian tarif listrik 900 VA. Hal itu turut mempengaruhi konsumsi masyarakat menengah bawah. Selain itu, menurut Lana, masyarakat kini banyak beralih profesi ke transportasi online sehingga cenderung menjaga konsumsinya. "Pelaku usaha pun mengurangi produksi lantaran masyarakat menunda konsumsinya," ujar dia.

Pertumbuhan dari sektor saham itu hanya naik terbatas juga membebani laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Sepanjang Juli 2017, IHSG turun sekitar 1,19 persen dari posisi 5.910 pada 3 Juli menjadi 5.840 pada 31 Juli 2017.

"Sektor saham (red: barang konsumsi, aneka industri dan ritel) bobotnya cukup besar terhadap IHSG. Ini pengaruh ke IHSG," kata Analis PT Semesta Indovest Aditya Perdana saat dihubungi Liputan6.com.

Selain sejumlah sektor saham melambat, Aditya menuturkan, aksi beli investor asing cukup kuat selama tiga bulan terakhir juga turut menekan IHSG. Ia menilai, tekanan IHSG berpotensi melambat pertumbuhan kinerjanya pada kuartal III. Namun, bila ada perbaikan kebijakan yang dapat mendorong belanja masyarakat, IHSG dapat berpeluang naik.

Alfred pun optimistis terhadap gerak saham emiten tambang dan bank. Apalagi menurut Alfred, emiten tambang, salah satu cukup rajin membagikan dividen. "Salah satunya PT Indo Tambangraya Tbk rajin bagi dividen," kata dia.

Sedangkan Lana menuturkan, IHSG berpeluang ke level 6.000 hingga akhir 2017. Sektor saham bank akan mendorong laju IHSG ke depan. Ditambah sektor tambang juga akan menjadi katalis positif untuk IHSG.

Untuk pilihan saham, Alfred memilih saham PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) untuk dicermati ke depan.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terbang ke Solo, Jokowi Buka Simposium MK se-Asia

Posted: 08 Aug 2017 08:37 PM PDT

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan menghadiri Simposium Internasional Mahkamah Konstitusi di Solo, Jawa Tengah. Kegiatan ini mengawali rangkaian kunjungan kerja Jokowi di Jawa Tengah sepanjang Rabu ini.

Simposium MK kali ini mengangkat tema "Mahkamah Konstitusi sebagai Pengawal Ideologi dan Demokrasi dalam Masyarakat Majemuk" dan dilaksanakan di Universitas Sebelas Maret Solo.

Selepas itu, Jokowi menuju ke Sukoharjo. Di sini Presiden akan membuka Kongres ke-10 Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) dan Sebelas Maret International Conference on Business, Economic and Social Sciences (SMICBES).

"Siang harinya, Presiden juga dijadwalkan meresmikan Museum Keris Nusantara Kota Surakarta di Kota Surakarta," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui keterangan tertulis, Rabu (9/8/2017).

Pembukaan Museum Keris ini akan menjadi agenda penutup. Sore harinya, Jokowi beserta rombongan kembali ke Jakarta.


Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Ini Bisa Paksa Donald Trump Akhiri Jabatan Presiden

Posted: 08 Aug 2017 08:37 PM PDT

Mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Al Gore memprediksi Presiden Donald Trump akan mengakhiri masa jabatan secara prematur dengan alasan etis.

"Kita baru enam bulan berada dalam 'eksperimen' Trump. Beberapa coba-coba yang dilakukannya bisa berakhir lebih cepat karena alasan etis," ucap Gore, seperti dikutip The Star, Rabu (9/8/2017).

Pernyataan Gore disampaikan dalam pemutaran perdana film terbaru mengenai perubahan iklim di European Premiere berjudul An Inconvenient Sequel: Truth to Power.

Komentar Gore disambut tawa seluruh tamu yang hadir. Ia pun mengaku bahwa pernyataan tersebut bernada provokatif.

Pada kesempatan tersebut, Gore menyinggung keputusan Donald Trump keluar dari perjanjian iklim Paris. Dia menegaskan, kebijakan mematuhi perjanjian iklim Paris adalah bagian tanggung jawab AS terhadap dunia.

"Kami memiliki kesepakatan global dan orang AS adalah bagian kesepakatan itu meskipun Donald Trump memisahkan ini," sebut Gore.

Pria yang sempat mencalonkan diri sebagai Presiden AS tersebut menjelaskan keputusan Trump keluar dari perjanjian iklim membuatnya sakit hati.

Perasaan berat hati itu diyakini tak cuma dirasakan Gore seorang diri, tapi mayoritas warga AS pun merasakan hal yang sama.

Meski demikian, keputusan itu telah memicu komitmen negara lain untuk lebih kuat lagi mengurangi emisi gas rumah kaca.

Oleh karena Trump telah mengubah langkah AS, Gore berharap di masa mendatang negaranya punya pemimpin yang berkomitmen menghentikan pemanasan global.

"Kita bisa menang, yang kita butuhkan hanya kemauan politik," ucap dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribet, Adu Mulut Emak-Emak Pengendara Motor dan Mobil

Posted: 08 Aug 2017 08:34 PM PDT

Aksi emak-emak alias wanita pengendara motor di jalan raya memang selalu menarik. Mulai dari ungkapan the power of emak-emak, emak-emak naik motor matik tidak pernah salah, sampai perilaku yang berbahaya di jalan raya, seperti sein ke kiri belok ke kanan, atau ketika berbelok tidak lihat sekitar.

Nah, setelah aksi emak-emak yang dengan gagah berani melibas jalanan basah yang baru dicor, kini muncul lagi emak-emak yang berkelahi di jalan.

Adu mulut tiga pengendara wanita ini terekam jelas dan menjadi viral di media sosial. Terlihat di video, ada dua wanita berjaket kuning dan biru, dan satu lagi wanita yang merekam menggunakan ponsel yang diperkirakan pengemudi mobil.

Belum jelas bagaimana kejadiannya dan siapa yang salah, yang pasti si perekam kejadian tersebut menegur emak-emak pengendara motor Yamaha Mio J yang tidak pakai helm dan tidak menyalakan sein.



"Nanya helm, apa urusannya. Ini daerah saya," teriak ibu-ibu berjaket kuning.

"Ibu gak pakai sein, gak ada helm, gak ada urusannya dengan kaget. Makanya kalau gak mau kaget taati peraturan. Saya gak mau, harus jelasin di sini. Udah salah ngotot, kalau salah jangan ngotot," balas si perekam kejadian tersebut.

Duh, sepertinya benar kalau melihat emak-emak naik motor atau matik, lebih baik menghindar daripada panjang urusan ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Periksa Intensif Orangtua Bayi Tewas di Apartemen Jakut

Posted: 08 Aug 2017 08:31 PM PDT

Polres Jakarta Utara tengah membuka penyelidikan kasus tewasnya bayi perempuan KAA di sebuah apartemen di Pegangsaan Dua, Jakarta Utara.

Kasat Reskrim Polres Jakarta Utara AKBP Nasriadi mengatakan petugas mendalami segala dugaan. Termasuk soal dugaan bayi KAA tewas disekap. Saat ini, kata Nasriadi, kedua orangtua bayi KAA tengah menjalani pemeriksaan intensif.

"Ya orangtuanya sedang kita periksa intensif," kata AKBP Nasriadi melalui pesan singkat kepada Liputan6.com, Jakarta Utara, Rabu (9/8/2017).

Namun Nasriadi enggan mengungkap di mana orangtua bayi KAA diperiksa. Yang jelas, pihaknya tengah mendalami dugaan bayi KAA tewas disekap.

Dari informasi yang diperoleh, jasad bayi KAA diambil ambulans pada Selasa 8 Agustus 2017 malam untuk menjalani visum. Informasi lain menyebutkan, bayi KAA ditemukan tewas di tower Dahlia lantai 19 Apartemen Gading Nias.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nasib 2 PNS Usai Korupsi Dana Pembuatan Patung Yesus

Posted: 08 Aug 2017 08:31 PM PDT

Dua terdakwa kasus ‎korupsi pengerjaan konstruksi pembuatan patung Yesus di Desa Simorangkir, Kecamatan Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatra Utara, divonis 15 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

Dana pengerjaan patung Yesus tersebut sebesar Rp 6,2 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Tapanuli Utara Tahun Anggaran (TA) 2013. Kedua terdakwa adalah ‎Murni Alan Sinaga selaku pelaksana kegiatan dan Sondang M. Pane selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Tidak hanya hukuman penjara, majelis hakim membebankan kedua terdakwa untuk membayar denda masing-masing sebesar Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan atas perbuatannya. Sidang digelar di Ruang Cakra, Pengadilan Negeri Medan, Jalan Pengadilan, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah.

"Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada kedua terdakwa masing-masing selama 1 tahun 3 bulan dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan," kata majelis hakim diketuai Nazar, Selasa, 8 Agustus 2017.‎

Dalam amar putusan, uang yang dititipkan terdakwa Murni Alan Sinaga kepada penyidik kejaksaan sebagai uang pengganti kerugian negara.

"Menyatakan uang pembayaran kerugian negara yang disetorkan terdakwa kepada kas Kejari Tarutung sebesar Rp 2 miliar sebagai pengganti kerugian negara sebesar Rp 2,7 miliar," hakim Nazar menambahkan.

Keduanya terbukti melanggar Pasal 3 ayat (1) UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Menanggapi putusan tersebut, baik kedua terdakwa melalui penasehat hukumnya maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Simon Sihombing menyatakan pikir-pikir. Putusan tersebut sedikit lebih rendah dari tuntutan JPU Simon Sihombing masing-masing selama 1 tahun 6 bulan penjara.

Selain penjara, JPU menuntut terdakwa Murni untuk membayar denda sebesar Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Sementara, terdakwa Sondang dituntut membayar denda sebesar Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Dalam dakwaan JPU, terdakwa Murni selaku pelaksana kegiatan pembuatan patung Yesus tidak membuat dokumen As Built Drawing selama pekerjaan. Murni juga tidak mengetahui dan memahami tentang spesifikasi teknis dari pelaksanaan pembangunan patung Yesus, karena acuannya hanyalah berupa gambar tender.

Kemudian, Murni membuat campuran percobaan untuk menentukan komposisi bahan adukan sesuai mutu karakteristik beton dan bersama Sondang Pane membawanya ke Laboratorium USU untuk uji mutu. Setelah sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan, Murni melanjutkan proses pengecoran.

"Terdakwa Sondang bersama dengan Tongam Hutabarat selaku Pengguna Anggaran (PA) mengetahui ada pembuatan casing dan rangka patung Yesus yang dikerjakan Luhut L Panjaitan. Tapi dalam pengerjaan ini, Luhut malah memerintahkan Drs Supriaswoto," tutur Simon yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Tarutung.

Ternyata, pembuatan patung yang dikerjakan oleh Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kabupaten Taput tersebut hanya selesai 55,88 persen. Sebab, casing patung Yesus tidak sesuai dengan pesanan dan spesifikasi yang tertuang di dalam kontrak. Padahal, yang ditetapkan di dalam dokumen kontrak harus menggunakan pelat tembaga.

Sedangkan, terdakwa Murni menggunakan sebagian pelat tembaga dicampur aluminium, sehingga penyedia barang dan jasa diputus kontrak.

"Fakta di lapangan sisi mutu beton tidak memenuhi spesifikasi dan geometrik maka bangunan patung Yesus dikategorikan sebagai gagal konstruksi," kata Simon.

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batu Ginjal Haruskah Dioperasi?

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Seorang pembaca di laman Klikdokter.com bertanya apakah dirinya harus dioperasi bila menderita batu ginjal. "Kemarin waktu cek USG (ultrasonografi) di bagian kanan ginjal saya ada batu ukuran 8-13 mm. Itu masih kecil atau besar. Apakah dikasih obat bisa luntur sendiri atau harus dioperasi,"tanya pria usia 30 tahun yang tak mau disebut namanya.

Dokter Sepriani Timurtini Limbong dari Klikdokter menjawab panjang lebar, sebagai berikut.

Batu saluran kemih merupakan massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urin. Batu ini paling sering terbentuk didalam ginjal atau ureter (saluran kemih yang menghubungkan antara ginjal dengan kandung kemih). Namun dapat juga terbentuk dalam kandung kemih ataupun uretra (saluran yang menghubungkan antara kandung kemih dan alat kelamin). Berikut akan lebih dibicarakan tentang batu ginjal.

Batu ginjal dapat berukuran dari sekecil pasir hingga sebesar buah anggur. Kebanyakan dari batu ginjal yang terbentuk keluar bersama dengan urin tanpa menimbulkan keluhan. Jika batu ginjal berukuran besar (lebih dari 2-3 mm), barulah dapat menimbulkan keluhan karena tersumbatnya saluran kemih.

Pada batu yang masih berukuran kecil dapat tidak memberikan gejala. Bahkan terkadang batu keluar sendiri saat buang air kecil yang sering terlihat sebagai kencing berpasir. Namun, pada batu yang berukuran lebih besar, maka dapat memberikan keluhan seperti dibawah ini :

Nyeri kolik. Nyeri yang disebabkan karena usaha untuk mengeluarkan batu, namun tersangkut di saluran kemih. Nyeri ini dirasakan sangat hebat dan hilang timbul.
Hematuria (ada darah di urin)
Nyeri saat berkemih, terutama saat batu bergerak
Buang air kecil sedikit, yang disebabkan tersumbatnya saluran kemih oleh batu
Mual dan muntah

Sekitar 90 % dari batu ginjal yang berukuran 4 mm dapat keluar dengan sendirinya melalui urin. Namun, kebanyakan batu berukuran lebih dari 6 mm memerlukan intervensi. Pada beberapa kasus, batu yang berukuran kecil yang tidak menimbulkan gejala, dapat diobservasi selama 30 hari untuk melihat apakah dapat keluar dengan sendirinya sebelum diputuskan untuk dilakukan intervensi bedah. Tindakan bedah yang cepat, perlu dilakukan pada pasien yang hanya mempunyai satu ginjal, nyeri yang sangat hebat, atau adanya ginjal yang terinfeksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian.

Penghilang rasa sakit: Obat penghilang rasa sakit yang paling cocok untuk nyeri karena batu ginjal adalah golongan narkotika seperti morfin, demerol, atau dilaudid. Namun standar saat ini untuk menghilangkan nyeri akut karena batu ginjal adalah penyuntikan ketorolak melalui pembuluh darah.

Intervensi bedah
Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy (ESWL), tehnik ini menggunakan getaran gelombang untuk memecahkan batu dari luar sehingga batu menjadi serpihan kecil yang pada akhirnya dapat keluar dengan sendirinya.

Percutaneus nephrolithotomy atau pembedahan terbuka dapat dilakukan pada batu ginjal yang besar atau yang mengalami komplikasi atau untuk batu yang tidak berhasil dikeluarkan dengan cara ESWL.
Sebagai tindakan pencegahan, yang dapat Anda lakukan:

Minum banyak air putih sehingga produksi urin dapat me jadi 2-2,5 liter per hari

Diet rendah protein, nitrogen, dan garam

Hindari vitamin C berlebih, terutama yang berasal dari suplemen

Hindari mengonsumsi kalsium secara berlebihan

Konsumsi obat seperti thiazides, potasium sitrat, magnesium sitrat, dan allopurinol tergantung dari jenis batunya

Pengobatan yang tidak tepat dan tidak segera terhadap kasus batu ginjal hanya akan menghambat pengeluaran batu tersebut dari dalam dalam tubuh Anda dan menimbulkan sumbatan lebih lanjut terhadap aliran urin di saluran kemih. Lebih lanjut, batu tersebut dapat terinfeksi dan menimbulkan komplikasi yang lebih berbahaya bahkan hingga penurunan fungsi ginjal.

Untuk itu, kami sarankan Anda berkonsultasi dan mendiskusikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter spesialis urologi Anda. Dengan demikian dapat diketahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh, besarnya batu dan pilihan terapi yang paling tepat untuk kondisi Anda. Kami tidak menganjurkan suatu pengobatan alternatif dengan ramuan tertentu yang belum memiliki bukti klinis melalui suatu penelitian yang diakui untuk mengatasi keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai batu ginjal. Semoga bermanfaat. Salam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya Belum Turunkan Pemain Anyar Lawan Persepam

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Persebaya Surabaya tak ingin gegabah mengubah strategi saat menghadapi Persepam pada Kamis (10/8/2017). Pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera masih simpan dua pemain baru yang sudah beberapa hari ini mengikuti latihan.

Dikatakan mantan pelatih Persipura Jayapura ini, ia tak terlalu buru-buru menurunkan Nerius Alom dan Ricky Kayame untuk bertanding melawan Perspam Madura. Bahkan, ia masih belum menentukan siapa saja pemain yang masuk dalan daftar line up untuk pertandingan nanti.

Ia masih memberikan keleluasaan bagi kedua pemain barunya untuk beradaptasi dengan para pemain yang lain, tapi ada perkembangan yang sudah mulai tampak, dua pemain jebolan Persipura Jayapura ini sudah terlihat lebih baik dan menyatu dengan para pemain Persebaya yang lain.

"Saya tidak terlalu terburu-buru memaksa mereka bermain turun, saya masih memberikan keleluasaan kepada mereka untuk beradaptasi. Karena saya juga tidak mau perubahan dilakukan secara drastis," ucapnya, Kamis (9/8/2017) pagi.

Meski begitu, Ricky dan Nerius mempunyai kesempatan bermain lebih saat bergabung di Persebaya. Apalagi, Alfredo pernah satu tim dengan keduanya.

"Pemain harus dikasih waktu, jika sudah waktunya dan siap pasti kita akan turunkan di sebuah pertandingan," ujarnya.



Nerius Alom dan Ricky Kayame sudah berlatih selama dua hari terakhir dengan Persebaya. Kedua pemain ini bakal mencari menit bermain yang lebih di Persebaya, sesuatu yang tidak didapatkan dengan Persipura. (Dimas Angga P)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Semarak! Penerbangan Perdana AirAsia Indonesia Makau-Jakarta

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Gebrakan Menteri Pariwisata Arief Yahya tentang air connectivity terus membuahkan hasil. Semakin banyak daya angkut atau seats capacity yang bisa membawa wisatawan mancanegara ke Indonesia. Optimisme industri pariwisata pun menjadi lebih meyakinkan.

Senin (7/8/2017), tepatnya pukul 12.20 WIB, giliran maskapai penerbangan AirAsia yang mencatat sejarah. AirAsia untuk pertama kalinya meluncurkan rute penerbangan langsung terbarunya dari Makau, salah satu daerah administratif khusus Republik Rakyat Tiongkok, menuju Jakarta.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia (RI), Budi Karya Sumadi, yang turut menyambut penerbangan perdana Makau-Jakarta, terlihat sangat gembira.

"Selamat atas pembukaan rute AirAsia Indonesia ini. Terima kasih atas komitmennya untuk terus berinovasi. Kami akan mendukung AirAsia untuk terus mengembangkan rute dan slot untuk penerbangan internasional karena sejalan dengan visi dan misi kami untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pariwisata," ujar Budi.

Ia juga mengatakan pihaknya telah meminta meminta Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II untuk memberikan insentif berupa potongan tarif untuk landing fee dan Passenger Service Charge (PSC) dalam waktu tertentu.

"Ini akan menjadi stimulus bagi AirAsia untuk terus mengembangkan rutenya di destinasi wisata di Indonesia," ucap Budi.

Dalam penerbangan perdana ini, AirAsia membawa sebanyak 151 penumpang dari total 180 seats pesawat AirAsia bertipe Airbus A320-200 dengan kode penerbangan QZ 161. Sebelumnya, pesawat yang sama dengan kode penerbangan QZ 650 dan membawa 162 penumpang, telah mendarat di Macau International Airport.

Saat mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pesawat tersebut disambut secara meriah dengan water canon salute. Saat penumpang mulai turun dari tangga pesawat, tarian tradisional khas Betawi turut menyambutnya.

"Penerbangan langsung ini merupakan rute kelima setelah Penang, Singapura, Bangkok, dan Kuala Lumpur dari Jakarta. Penerbangan ini (Jakarta - Makau) merupakan satu-satunya penerbangan langsung ke Makau," kata Dendy Kurniawan, Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Group untuk Indonesia.

Dia menambahkan, kesuksesan menghubungkan Makau ini menyusul rute internasional AirAsia X Indonesia (kode penerbangan XT) dari Denpasar menuju ke Mumbai, India dan juga ke Tokyo Narita, Jepang pada Mei 2017 lalu.

Penerbangan dari Jakarta ke Macau ini diawali dengan jadwal penerbangan tiga kali seminggu. Kemudian, frekuensi penerbangan akan meningkat menjadi empat kali dalam seminggu pada September 2017.

"Semua ini kami lakukan sebagai wujud dari komitmen berkelanjutan grup AirAsia untuk terus mendukung kemajuan pariwisata Indonesia," ujar Dendy.

Selain Menhub Budi Karya dan CEO AirAsia Dendy Kurniawan, momen istimewa ini juga dihadiri sejumlah stakeholder aviation, seperti Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso; President Director PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin; Pendiri sekaligus CEO Grup AirAsia, Tony Fernandes; Pendiri sekaligus CEO Grup AirAsia X, Datuk Kamarudin Meranun; Komisaris Utama AirAsia Indonesia, Pin Harris; serta Direktur Utama AirAsia X Indonesia, Kapten Sulistyo Nugroho Hanung.

Sementara itu, Kementerian Pariwisata diwakili oleh Deputi Menteri Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar RI, I Gde Pitana.

"Air Asia telah memberikan kontribusi sebesar 25% dari seluruh wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada 2016. Rute penerbangan langsung AirAsia Indonesia dari Jakarta ke Makau ini akan menambah konektivitas Indonesia ke kota-kota di Tiongkok Selatan, yang artinya potensi kedatangan wisatawan dari Tiongkok akan semakin besar," ucap I Gde.

Ia juga menyampaikan bahwa Kementerian Pariwisata siap untuk terus mendukung AirAsia, salah satunya dengan joint promotion yang sebelumnya telah dilakukan bersama untuk rute-rute baru seperti Mumbai dan Tokyo.

Sebagai pintu gerbang untuk menjelajahi Wonderful Indonesia, pelancong yang tiba di Jakarta dari Makau dapat meneruskan perjalanannya ke berbagai destinasi domestik AirAsia Indonesia, yakni Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Sebagai sebuah daerah administratif khusus, Makau merupakan wilayah termuda dari Republik Rakyat Tiongkok yang terletak di semenanjung Tiongkok bagian Selatan. Berbatasan dengan Provinsi Guangdong, Makau merupakan bekas koloni pemerintahan Portugis sampai 1999, sehingga menyajikan perpaduan gaya barat dan timur yang indah.

Pesona Makau yang memikat terpancar dari perpaduan antara bangunan bersejarah, gerai-gerai bermerek kelas atas, serta hotel dan resor bintang lima kelas dunia yang menyajikan hiburan spektakuler. Wisatawan yang tertarik dengan nuansa kawasan bersejarah serta rumah-rumah tradisional dapat berjalan-jalan di Kota Tua Makau, Kuil A-Ma, dan Reruntuhan St. Paul yang berdiri sebagai altar simbolis menuju ke kota.

Makau merupakan pintu gerbang menuju Tiongkok bagi wisatawan Indonesia, wisatawan dapat terhubung dengan 10 kota di bagian selatan Tiongkok menggunakan Express Link selama 2 jam perjalanan atau transportasi darat melalui salah satu dari dua pos pemeriksaan 24 jam di perbatasan antara Makau dan Tiongkok Selatan.


(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Cara Pasang Kata Sandi di Flashdisk Paling Dicari

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Cara melindungi flashdisk dengan kata sandi khusus paling diburu para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari harga Samsung Galaxy S8 tahan banting, dan sejumlah aplikasi Android yang dapat atasi kecanduan smartphone.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Cara Proteksi Flashdisk dengan Kata Sandi

Flashdisk bisa dibilang merupakan salah satu aksesori wajib bagi pemilik laptop atau komputer. Fungsinya apalagi kalau bukan untuk menyimpan dan menyalin file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Kapasitas flashdisk pun seiring dengan kemajuan teknologi kian besar. Belasan tahun lalu, kapasitas flashdisk masih di kisaran puluhan atau ratusan MB, tetapi kini kapasitas flashdisk sudah mencapai satuan TB. Sebut saja Kingston yang awal tahun 2017 memamerkan flashdisk berkapasitas 2TB di ajang CES 2017.

Nah, kalau kamu sering menyimpan file dan folder penting di flashdisk, sebaiknya kamu memproteksinya dengan kata sandi (password). Caranya gampang banget, simak penjelasannya berikut.

Baca selengkapnya di sini

2. Resmi Meluncur, Berapa Harga Samsung Galaxy S8 Tahan Banting?

Samsung resmi merilis versi tahan banting dari Galaxy S8, yakni Galaxy S8 Active. Peluncuran smartphone ini dilakukan di Amerika Serikat.

Berbeda dengan Galaxy S8, versi tahan banting ini dibuat bagi mereka yang sering melakukan aktivitas luar dan membutuhkan perangkat yang tahan banting.

Mengutip Gizmochina, Selasa (8/8/2017), dibanding Galaxy S8, Galaxy S8 Active hadir dengan bodi logam yang dikembangkan sesuai standar militer MIL-STD-810G. Dengan begitu, bodinya memiliki ketahanan tinggi terhadap kerusakan berupa benturan dan kerusakan mekanis lainnya.

Baca selengkapnya di sini

3. 3 Aplikasi Android Ini Bantu Atasi Kecanduan Smartphone

Apakah kamu merasa gelisah kalau tidak memegang smartphone? Kamu seperti merasa ada yang kurang dan bosan saat jauh dari smartphone? Atau tangan selalu gatal jika tidak mengakses media sosial?

Smartphone memang sangat membantu meningkatkan produktivitas manusia, terutama dalam kehidupan sehari-hari. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tidak baik. Hal ini berlaku juga pada pemakaian smartphone.

Saking asyiknya, kita sering kali menghiraukan orang di sekitar. Acara kumpul keluarga pun tidak jarang menjadi kurang interaktif karena semua sibuk dengan smartphone. Hal ini bisa jadi tanda kalau kamu kecanduan smartphone.

Baca selengkapnya di sini

(Ysl/Isk)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Monster Laut Ini Penyebab Pendarahan Kaki Remaja Australia

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Senin lalu, publik dibuat heboh dengan gambar kaki seorang remaja yang penuh darah. Kaki remaja bernama Sam Kanizay ini berdarah setelah dia merendam kakinya di air laut.

Sam berdiri di dalam air di Pantai Bondy di Melbourne setelah bermain bola. Kakinya perih dan dia berharap air laut yang dingin bisa membuat kakinya terasa lebih baik.

Tak lama, Sam mengaku dia merasakan sensasi merinding yang bikin mati rasa, tapi dia pikir hal itu disebabkan oleh air yang dingin.

"Aku tidak terpikir akan digigit sesuatu," ujarnya pada surat kabar Australia, The Age, dikutip dari National Geographic, Rabu (9/8/2017).

Setelah berendam itu, kaki Sam lalu berdarah. Darahnya terus mengalir sehingga kedua orangtua remaja ini lantas membawanya ke rumah sakit.

Dokter membalut kaki Sam, mengecek apakah ada parasit, dan memberinya antibiotik. Sam berendam di laut pada hari Sabtu, dan pada Minggu pagi, kakinya masih terus mengeluarkan darah.

Lantas makhluk laut apa yang menyebabkan kaki remaja 16 tahun ini terus berdarah?

Awalnya, luka di kaki Sam diperkirakan disebabkan oleh kutu laut. Nama ini digunakan secara luas untuk mendeskripsikan parasit krutasea kecil yang memakan kulit dan darah atau larva dari ubur-ubur.

Mereka paling sering ditemukan menempel pada ikan. Dalam jumlah besar, kutu laut bisa menyebabkan kerusakan besar pada kulit ikan karena menyebabkan luka terbuka.

Kutu laut ada di pantai-pantai di berbagai penjuru dunia, dari Australia sampai Florida. Mereka sering menyelip masuk ke baju renang dan bisa menyebabkan rasa perih yang gatal. 

Amphipods sea fleas (via: Herald Sun)

Mencari tahu tentang penyebab luka misterius yang dialami anaknya, ayah Sam, Jarrod Kanizay, kembali ke tempat Sam digigit. Menggunakan pakaian selam, Jarrod menggunakan jaring dan sepotong steak untuk memancing makhluk misterius tersebut.

Dalam video yang direkam oleh Jarrod, tampak adegan bikin merinding saat ratusan amphipods, juga disebut lalat pasir atau lalat laut, mengerubungi steak tadi.

Kepada National Geographic, Jon Norenburg, seorang peneliti zoologist dan dewan di Department of Invertebrate Zoology di Smithsonian's National Museum of Natural History, menjelaskan bahwa tidak bisa membedakan antara kedua hewan tadi adalah kesalahan umum.

"Salah mengira amphipods sebagai 'kutu laut' adalah masalah yang sering terjadi," ujarnya. Dia menjelaskan bahwa ada ratusan spesies ditemukan di seluruh penjuru dunia. Kebanyakan amphipods adalah herbivora, sementara yang lain ominivora.

Norenburg juga mengatakan, beberapa amphipods non-parasit sangat tertarik pada darah.

Peneliti ilmu kelautan Genefor Walker-Smith yang meneliti makhluk yang ditangkap oleh Jarrod Kanizay mengkonfirmasi, serangga-serangga laut ini adalah sea fleas (lalat laut) dan bukan sea lice (kutu laut). Dia yakin, lalat lautlah biang kerok di balik kejadian menghebohkan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setahun Berlalu, Franda Kenang Masa Sulit Sebelum Menikah

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Tak terasa sudah satu tahun Franda dan Samuel Zylgwyn membina rumah tangga. Mantan finalis VJ MTV Hunt itu masih ingat betul bagaimana dirinya dan Samuel kelimpungan mempersiapkan pernikahan.

Franda dan Samuel Zylgwyn

Padahal, Franda mengaku dirinya dan Samuel Zylgwyn melalui waktu hampir satu tahun untuk mempersiapkan pernikahan. Sayangnya, waktu itu masih terasa kurang untuk memantapkan mental hingga hari H tiba.

"Setelah hampir setahun persiapan, dan selalu mikirnya "Tenang.. masih lama.. masih sekian bulan lagi kok", hari itu inget banget berasanya "Yaampun.. h-1, akhirnya dateng juga ya tgl 8 Agustus nya"," cerita Franda di Instagram pribadinya, Selasa (8/8/2017).

Franda bahkan baru mempersiapkan janji pernikahan hanya beberapa jam sebelum pemberkatan. "Semaleman ga bisa tidur mikirin vow (janji nikah saya 2, satu dr gereja, satu lagi bikin sendiri) tapi kebetulan punya saya baru jadi pas hari H," tambahnya.

Franda dan Samuel Zylgwyn

Mempersiapkan pernikahan bukanlah hal yang mudah. Stres pun tak dapat dihindari hingga Franda sempat jatuh sakit, tiga hari jelang pernikahan.

"3 hari sebelum hari H masih harus ke rumah sakit, karena asam lambungnya naik dan agak parah. Dokternya cuma ketawa pas saya bilang "dok, gimana caranya saya harus sembuh.. 3 hari lagi saya nikah"," katanya.

Samuel Zylgwyn dan Franda (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Beruntung semua kesulitan itu berhasil ia lalui dengan baik. Meski begitu, Franda dan Samuel Zylgwyn berharap rumah tangga mereka langgeng sampai akhir hayat

"Kita telah menjadi satu bukan lagi dua, aku semakin belajar banyak hal positif dari kamu dan akan selalu belajar untuk membuat kamu dan keluarga kita bahagia selalu untuk selama lama nya. Love you sayang," ujar Samuel di Instagramnya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diet Ekstrem, Pemuda Ini Konsumsi 150 Pisang dalam Seminggu

Posted: 08 Aug 2017 08:30 PM PDT

Mahasiswa asal Inggris ini sedang menjalani diet agar tubuhnya tetap bagus dan tidak tumbuh ke samping. Dietnya pun cukup berbeda dengan diet lainnya. Dia sengaja mengonsumsi 150 buah pisang dalam seminggu.

Seorang dokter sudah memperingatinya untuk tidak berlebihan dengan dietnya ini. Namun, mahasiswa ini tetap bersikeras menjalani dietnya tersebut.

Dane Nash/facebook.com

Dane Nash yang berusia 21 Tahun ini ternyata sudah lama menjalani diet vegan ini. Ia memulainya sekitar dua tahun yang lalu sebagai salah satu cara untuk mengatasi masalah jerawatnya.

Sebelum itu, dia sudah mencoba menjadi vegetarian. Selama sekitar setengah tahun, Nash telah menjalani diet mentah. Nash mendapatkan sebagian besar nutrisi dari jumlah pisang yang banyak, dicampur dengan banyak bayam dan sayuran lainnya serta buah beri.

Dari sekian diet yang dia jalani, menurutnya ini yang terbaik. Buah pisang adalah buah tropis yang di Inggris pun ada dan cukup murah, yang terpenting memiliki kalori cukup baik.

(nd)

Nuraida S Mizanto

STMM MMTC Yogyakarta

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHOTO: Ini Dia Sosok Gitaris Nenek-Nenek yang Jadi Buah Bibir di Singapura

Posted: 08 Aug 2017 08:22 PM PDT

Mary Ho (81) berpose dengan gitar elektriknya saat melakukan latihan di Singapura, 5 Agustus 2017. Wanita yang dikenal sebagai Nenek Maria itu baru belajar gitar pada usia 60 tahun setelah sejak lama memimpikan belajar alat musik ini. (Roslan RAHMAN/AFP)

Mary Ho (81) berpose dengan gitar elektriknya saat melakukan latihan di Singapura, 5 Agustus 2017. Wanita yang dikenal sebagai Nenek Maria itu baru belajar gitar pada usia 60 tahun setelah sejak lama memimpikan belajar alat musik ini. (Roslan RAHMAN/AFP)

Mary Ho (81) berpose dengan gitar elektriknya saat melakukan latihan di Singapura, 5 Agustus 2017. Wanita yang dikenal sebagai Nenek Maria itu baru belajar gitar pada usia 60 tahun setelah sejak lama memimpikan belajar alat musik ini. (Roslan RAHMAN/AFP)

Mary Ho (81) berpose dengan gitar elektriknya saat melakukan latihan di Singapura, 5 Agustus 2017. Wanita yang dikenal sebagai Nenek Maria itu baru belajar gitar pada usia 60 tahun setelah sejak lama memimpikan belajar alat musik ini. (Roslan RAHMAN/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dalam 6 Bulan, Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp 1 Triliun

Posted: 08 Aug 2017 08:21 PM PDT

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatatkan kinerja yang positif pada semester I 2017. Jasa Marga mampu membukukan laba bersih Rp 1 triliun. Jumlah tersebut naik 9,79 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat Rp 925 miliar.

Peningkatan laba bersih ini ditopang oleh pendapatan tol dan usaha lain yang mencapai Rp 4,53 triliun atau meningkat 7,47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Pendapatan tol tercapai Rp 3,99 triliun atau naik sebesar 2,75 persen dibandingkan tahun sebelumnya Rp 3,88 triliun. Sedangkan pendapatan usaha lain sebesar Rp 543 miliar atau naik 62,03 persen dari semester I 2016 sebesar Rp 335 miliar.

Aktivitas konstruksi ruas-ruas jalan tol baru tercermin pada realisasi pendapatan konstruksi yang mencapai Rp 8,57 triliun atau naik sebesar 243,15 persen dari tahun 2016 Rp. 2,50 triliun.

Kegiatan ekspansi perseroan juga terlihat dari total nilai aset yang tercapai Rp 65,81 triliun meningkat 23,01 persen dari tahun lalu sebesar Rp 53,50 triliun yang mana ekspansi tersebut dilakukan Perseroan untuk pertumbuhan jangka panjang.

"Jasa Marga saat ini mentargetkan pembangunan 15 ruas tol baru hingga tahun 2019 dimana dan mampu mengoperasikan hingga 1.260 km jalan tol," kata EVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru, Rabu (9/8/2017).

Pada sisi EBITDA, kinerja Jasa Marga juga mencerminkan hasil yang cukup baik, dimana seiring dengan aktivitas investasi yang dilakukan, Jasa Marga berhasil memperoleh EBITDA sebesar Rp 2,62 Triliun, tumbuh 6,55 persen dibandingkan Semester I 2016 dan mencapai margin EBITDA sebesar 57,94 persen.

Untuk meningkatkan kapasitas investasi, Jasa Marga berencana melakukan aksi korporasi berupa Sekuritisasi Pendapatan Tol Jagorawi serta Project Bonds.

Sekuritisasi Pendapatan Tol Jagorawi ini berbasis pendapatan di masa mendatang atau future revenue base securities yang direncanakan sekitar Rp 2 Triliun, yang mana saat ini masih dalam proses finalisasi registrasi ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sedangkan untuk Project Bonds masih dalam tahap persiapan dan konsultasi dengan lembaga terkait. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya pendanaan alternatif pengembangan proyek jalan tol baru, dimana melalui Anak Perusahaan Jalan Tol, akan menyelesaikan target penambahan pengoperasian jalan tol sekitar 660 km hingga tiga tahun ke depan.

Menjelang 100 persen elektronifikasi jalan tol di bulan Oktober 2017, Jasa Marga mendukung program yang ditetapkan oleh Pemerintah ini dengan menyiapkan infrastruktur gardu tol baik Gardu Reguler maupun Gardu Tol Otomatis (GTO) yang 100 persen telah dapat menerima pembayaran tol dengan menggunakan uang elektronik. Penetrasi uang elektronik di seluruh Jalan Tol Jasa Marga hingga bulan Juni 2017 yaitu sebesar 29,16 persen.

Saat ini Jasa Marga juga telah memberlakukan transaksi 100 persen elektronik (Full GTO) di beberapa gerbang tol di daerah Jabotabek, yaitu sebagai berikut :


− Gerbang Tol Cililitan 3
− Gerbang Tol Halim 3
− Gerbang Tol Semanggi 1
− Gerbang Tol Senayan
− Gerbang Tol Cengkareng 3
− Gerbang Tol Kunciran 1 (Arah Merak)
− Gerbang Tol Kunciran 2 (Arah Jakarta)
− Gerbang Tol Karawaci 2 (Arah Jakarta)
− Gerbang Tol Bekasi Barat 3.

Tonton Video Menarik Berikut Ini:


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usia 71 Tahun, Ahmad Albar Ingin Tambah Momongan Lagi

Posted: 08 Aug 2017 08:20 PM PDT

Belum lama dikaruniai seorang putri, vokalis legendaris God Bless, Ahmad Albar, mengaku masih ingin menambah momongan lagi dari sang istri, Dewi Sri Astuti.

Ahmad Albar [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

"Iya dong (tambah momongan), siapa takut? Tapi tetap sedikasihnya ya," kata Ahmad Albar saat ditemui di soft launching Madagaskar Resto & Lounge di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (7/8/2017).

Soal jenis kelamin, vokalis berusia 71 tahun ini tidak memiliki keinginan khusus. Ia mengaku siap menerima apa pun yang diberikan Tuhan.

"Ya mudah-mudahan, kita doakan yang terbaik. Apa yang dikasih saja, laki-laki atau perempuan sama saja," ucapnya.

Apalagi, kehadiran putri satu-satunya, Malayeka Shaeezan Albar, dirasa sudah cukup melengkapi keluarganya. Dengan kehadiran Malayeka Shaeezan Albar, Ahmad Albar kini memiliki empat orang anak.

Preskon Artis Persari (Deki Prayoga/bintang.com)

Sebelumnya, dari pernikahannya dengan Rini S. Bono, vokalis band Godbless itu telah dikaruniai empat orang anak, yakni Fauzi, Fachry, dan Fadli,

 


Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

76 Bangunan di Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung

Posted: 08 Aug 2017 08:19 PM PDT

Bogor, Jawa Barat, kembali dilanda bencana angin puting beliung. Kali ini bencana itu terjadi di beberapa titik wilayah Barat Kabupaten Bogor.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, angin puting beliung yang terjadi pada Selasa petang menerjang sejumlah desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Leuwiliang, Tenjolaya, dan Cibungbulang.

Bencana tersebut merusak puluhan bangunan rumah, toko, dan papan reklame.

Budi merinci, di Kecamatan Leuwiliang tercatat 12 rumah dan 13 kios rusak serta 14 papan reklame roboh. Sementara, 6 rumah rusak di Desa Leuwimekar.

Kemudian, 6 rumah dan 1 Ponpes Bakti Nugraha rusak di Desa Cibitung Tengah, Kecamatan Tenjolaya.

"1 kepala keluarga diungsikan karena rumahnya sudah tidak bisa lagi ditempati," ujar Budi di Bogor, Rabu (9/8/2017).

Selanjutnya, 18 rumah di Desa Cemplang dan 30 rumah di Desa Galuga, Kecamatan Tenjolaya juga rusak diterjang puting beliung.

"Total bangunan yang rusak sebanyak 76 unit. Rata-rata atap dan plafon beterbangan tertiup angin kencang," kata Budi.

Selain merusak bangunan, angin puting beliung juga menumbangkan sejumlah pohon dan menimpa kabel listrik. Pohon tumbang itu sempat menutup jalan Leuwimekar menuju Pabangbon.

"Saat ini tim bersama warga melanjutkan pembersihan dan memperbaiki rumah yang rusak," ujar Budi.

Budi mengimbau warga untuk selalu waspada jika turun hujan, mengingat wilayah Barat Kabupaten Bogor rawan bencana puting beliung, banjir bandang, dan longsor.

Saksikan video di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga 1: Berebut Posisi Runner-Up

Posted: 08 Aug 2017 08:15 PM PDT

Pertarungan sengit tim-tim papan atas Liga 1 akan terjadi pada laga terakhir pekan ke 18, yakni laga Persipura Jayapura melawan Bali United pada Rabu (9/8/2017). Pemenang dalam laga ini dipastikan naik ke posisi runner-up klasemen membuntuti Madura United.

Bali United membawa 20 pemain ke Jayapura. Untuk sektor depan, tim Serdadu Tridatu kehilangan Ricky Fajrin yang membela timnas Indonesia U-22, tapi diperkuat kembali oleh striker blasteran Irfan Bachdim.

Sektor depan bisa dibilang posisi yang banyak mengalami perubahan. Minus Nick Van Der Velden yang masih cedera, nama Bachdim masuk ke dalam rombongan tim lantaran masa hukuman larangan bermainnya sudah berakhir. Selain itu, rekrutan anyar, Steven Imbiri juga masuk ke dalam rombongan.

Selain Ricky Fajrin, pemain Bali United yang dipanggil timnas untuk SEA Games 2017 Kuala Lumpur adalah Diky Indriyana, Ricky Fajrin, Miftahul Hamdi, dan Yabes Roni Malaifani. Persipura juga turut melepas Osvaldo Haay dan Marinus Wanewar untuk membela skuat Garuda di ajang multievent tersebut.

Laga Persipura vs Bali United dipastikan berlangsung seru karena kedua tim berambisi menjaga peluang juara Liga 1. Bali United sempat menyamai poin pemuncak klasemen, Madura United, tapi kalah head-to-head dari tim tersebut. Sementara Persipura, tim yang dengan pelatih baru yang tanpa marquee player konsisten di lima besar.

Jika salah satu dari tim ini meraih tiga poin kemenangan, mereka berhak atas posisi kedua klasemen. Peringkat ini bisa berubah pada pekan ke-19 karena runner-up saat ini, Bhayangkara FC, berpeluang menggusur MU akhir pekan nanti, Minggu (13/8).

Berikut klasemen sementara Liga 1:

Irfan Bachdim kembali dari masa sanksi. (baliutd.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengusaha Minta Aksi Mogok Kerja JICT Tak Terulang Lagi

Posted: 08 Aug 2017 08:11 PM PDT

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) mengapresiasi semua pihak, termasuk manajemen PT Jakarta International Container Terminal, dalam mengantisipasi mogok kerja yang dilakukan Serikat Pekerja JICT (SP JICT). Mogok kerja yang dimulai pada Kamis, 3 Agustus 2017, sudah berakhir pada Senin kemarin.

"KADIN mengapresiasi langkah semua pihak, pemerintah, direksi JICT, pekerja JICT, dan pihak pengusaha yang telah membantu sehingga mogok kerja ini bisa dihentikan," jelas Rico Rustombi, Ketua Kadin Bidang Logistik dan Supply Chain, Rabu (9/8/2017).

Rico berharap kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi, karena berpotensi mengganggu stabilitas perekonomian Indonesia. Dengan ada mogok kerja, arus masuk dan keluar barang di pelabuhan pasti terganggu. Kondisi seperti itu, menurut Rico, tidak disukai para pengusaha dan investor.

"Sangat penting untuk menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi dari sektor logistik terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Saran dan harapan KADIN tentu mogok kerja tidak boleh terjadi kembali di kemudian hari," tegas Rico.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Indonesian National Shipowners Association (INSA), Carmelita Hartoto, bersyukur dengan berakhirnya mogok kerja karyawan JICT.

Dia menambahkan, kegiatan di Pelabuhan Tanjung Priok akan kembali berjalan normal. Kondisi yang kondusif tersebut pastinya membuat pengusaha tenang.

"Kami mengapresiasi langkah antisipatif stakeholder pelabuhan, baik Kemenhub, JICT, Pelindo II dan aparat keamanan untuk mengalihkan sementara aktivitas bongkar muat ke terminal lainnya. Sehingga tidak terjadi stagnasi arus barang ekspor impor," ucap Carmelita.

Tidak hanya para pengusaha, Wakil Direktur Utama PT JICT Riza Erivan menyatakan, semua pelayanan kepada pelanggan JICT tetap berjalan lancar dan optimal selama periode mogok pekerja. Dukungan dari para pemangku kepentingan dan pekerja yang tidak ikut mogok menjadikan JICT tetap solid.

Riza juga menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada semua pemangku kepentingan seperti Suku Dinas Tenaga Kerja Jakarta Utara, Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok, Kepolisian Polres Tanjung Priok, Instansi Bea Cukai, teman-teman media, pekerja JICT dan segenap elemen masyarakat lainnya. Dukungan dan kerjasama yang solid membuat JICT berhasil mengatasi situasi sulit dengan baik.

PT JICT sangat berharap setelah mogok kerja ini berhenti agar tidak ada lagi kampanye-kampanye yang mengundang kegelisahan para pelanggan JICT dan para pengguna jasa di pelabuhan Tanjung Priok.

"Sebaiknya seluruh pekerja JICT sudah mulai kembali fokus bekerja membangun JICT untuk lebih maju," tegas Riza. (Yas)

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keguguran, Ashanty Malah Bersyukur?

Posted: 08 Aug 2017 08:10 PM PDT

Ashanty dikabarkan kembali hamil. Namun baru berusia lima minggu, ia pun mengalami keguguran. Baginya, ini bukan kali pertama dirinya mengalami hal serupa.

Bila ditotal, Ashanty sudah empat kali mengalami keguguran. Untuk itu, dirinya tak perlu menjalani perawatan khusus. Ia pun tak perlu dirawat di rumah sakit.

Ashanty (Herman Zakharia/Liputan6.com)

 

"Enggak dirawat, cuma dikasih obat. Yang ini hampir sama seperti yang pertama dan dokter cuma kasih obat untuk bersihin dari dalam," ujar Ashanty, di kawasan Cinere, Tangerang Selatan, Selasa (8/8/2017).

Ashanty bersyukur pada keguguran kali ini dirinya tak harus menjalani kuret layaknya wanita lain. Tidak seperti keguguran kedua dan tiga.

"Aku empat kali keguguran, yang dikuret dua kali. Pas keguguran kedua dan ketiga dikuret," ujarnya.

Ashanty sengaja tak melakukan kuret lantaran kegugurannya kali ini sama seperti pertama kali. Dan ia tak mau rahimnya harus kembali menjalani kuret seperti keguguran kedua dan ketiganya.

Ashanty hamil lagi? (Foto: Instagram)

"Yang ini persis sama yang pertama. Makanya enggak dikuret, karena kalau dikuret terus kasihan," ujar Ashanty.

 

Simak video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Desain Dapur Anda Salah Maka Hidup Anda Bisa Susah!

Posted: 08 Aug 2017 08:09 PM PDT

Area dapur merupakan salah satu ruangan penting dalam sebuah hunian. Sayangnya keberadaan dapur malah sering dianaktirikan oleh pemilik rumah sehingga dalam pembuatannya seringkali tidak direncanakan dengan matang.

(Baca juga: Tips Menata Dapur Sesuai Feng Shui Agar Makin Makmur)

Padahal dengan membuat dapur yang apik dapat menambah nilai tampilan keseluruhan ruang. Bahkan memiliki dapur yang didesain tepat guna dan menarik secara visual juga dapat meningkatkan nilai jual hunian di kemudian hari. Itu sebab ketika membuat atau menata dapur, tidak boleh asal-asalan. 

Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut ini adalah enam kesalahan yang paling sering dilakukan saat mendesain dapur yang perlu Anda ketahui.

1. Merusak 'Kitchen Triangle'

Banyak yang tidak tahu bahwa sink, kulkas, dan kompor merupakan elemen terpenting dan paling sering digunakan di dapur. Namun ketiganya seringkali ditempatkan asal-asalan. Padalah ketiga elemen ini merupakan 'kitchen triangle' yang harus diperhatikan letak posisinya.

Letakkan ketiga elemen ini selalu dalam bentuk titik segitiga dalam area dapur.  Selain itu, pastikan agar tidak ada benda atau furnitur lain yang menghalangi jalan di antara ketiga titik tersebut. Sebab, sudah pasti area ini akan sering menjadi lalu lalang pemilik rumah saat di dapur.

2. Menyia-nyiakan Ruang Penyimpanan

Mungkin Anda lupa bahwa peralatan dapur merupakan salah satu ruangan dengan perabotan terbanyak dalam sebuah rumah. Untuk menyimpan semua perlengkapan dapur Anda, dibutuhkan space yang yang lumayan besar.

Karena itu, jika dapur Anda dilengkapi kabinet-kabinet serta laci yang berjajar rapi, manfaatkan sebaik-baiknya. Jangan hanya memanfaatkan bidang horizontal, tetapi juga vertikal sehingga tak ada lagi perlengkapan dapur yang bercokol di luar.

3. Mengabaikan Peran Meja Dapur

Banyak orang melewatkan memiliki meja dapur, karena keberadaannya dianggap tidak penting dan tidak berpengaruh terhadap aktivitas memasak. Padahal peran meja dapur sangat penting, terutama untuk persiapan sebelum memasak.

Dengan adanya meja dapur Anda jadi tidak bingung harus meletakkan barang belanjaan di mana. Selain itu, memiliki meja dapur membuat area dapur menjadi lebih rapi dan mudah dikontrol.

Jangan lupa, selalu perhitungkan besar counter top atau meja dapur yang dibutuhkan untuk beraktivitas di dapur sehingga aktivitas di dapur tetap leluasa.

4. Pencahayaan yang Buruk

Pencahayaan yang baik tidak hanya untuk ruang keluarga, ruang tamu, atau kamar tidur saja. Area dapur juga memerlukan pencahayaan yang baik. Memberikan pencahayaan 'seadanya' pada area dapur dapat membahayakan keselamatan jiwa Anda.

Sebab, banyak aktivitas berisiko dilakukan di sana. Buatlah area dapur yang terang sehingga membuat Anda nyaman dan aman beraktivitas.

(Simak juga: Puluhan pilihan rumah dengan desain yang bagus dengan harga mulai dari Rp500 jutaan)

5. Melupakan Backsplash

Backsplash merupakan area dinding yang berada di dekat counter top atau area kompor. Anda seringkali melupakan bagian ini dalam perancangan dapur. Alhasil, area backsplash pada dapur Anda sering terlihat kotor yang berpengaruh pada buruknya tampilan dapur.

Ada baiknya saat merancang Anda perlu memperhatikan pemilihan material dan bentuknya. Area backsplash merupakan area yang sering terkena cipratan minyak saat memasak. Karena itu, pilih material yang mudah dibersihkan seperti keramik, kaca, atau stainless steel.

Jika Anda membiarkan backsplash hanya berupa tembok yang dicat, ada kemungkinan dinding dapur Anda akan rusak.

6. Melupakan Ventilasi

Kebanyakan Anda hanya mengandalkan alat pengisap asap dapur (cooker hood) untuk menjaga ruang dari polusi asap masakan. Disarankan untuk selalu membuat ventilasi dalam rancangan desain dapur.

Ventilasi dapat membantu menghilangkan bau masakan yang tajam dan asap yang menyengat. Selain itu juga dapat menjaga sirkulasi udara di dalam dapur dan mencegah kelembapan berlebihan di dapur.

 

Dian Probowati

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kronologi Penyerangan dan Perampasan Senjata Api Brimob di Bali

Posted: 08 Aug 2017 08:02 PM PDT

Seorang anggota Brimob Kepolisian Daerah Bali diserang hingga tak sadarkan diri di parkiran hotel di Jimbaran, Bali. Tak hanya itu, senjata laras panjang AK 101 pun dirampas penyerang.

Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, membenarkan peristiwa tersebut.

"Iya benar, ada anggota kami yang diserang hingga tak sadarkan diri di Bali. Korban mengalami luka lebam," ujar Setyo kepada Liputan6.com, Jakarta, Rabu (9/8/2017).

Kabid Humas Polda Bali Komisaris Besar Polisi Hengky Widjaja menuturkan anggota Brimob Polda Bali, I Bagus Suda Suwarna, yang sedang bertugas mengamankan hotel ditemukan dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Petugas hotel menemukannya dalam posisi duduk dengan luka lebam pada wajah sebelah kiri, mata merah, dan muntah di parkir Hotel Ayana Jimbaran.

Senjata laras panjang jenis AK 101 beserta satu magazen berisi tiga peluru hampa dan 27 peluru karet yang melekat di tubuh korban pun raib.

Hengky menuturkan, rekan korban yang menjadi saksi, Brigadir I Nyoman Wenten, anggota Subden A Pelopor telah dimintai keterangan, seperti dilansir Antara

Sekitar pukul 11.00 Wita, korban bersama petugas keamanan Karang Emas Residen bernama Alam beristirahat makan siang di Rimba Resort yang berjarak sekitar 500 meter dari hotel tempat ia bertugas.

Setelah makan siang, korban diketahui kembali ke tempatnya bertugas untuk mengamankan Hotel Ayana hingga akhirnya ditemukan tidak sadarkan diri dengan wajah terluka oleh petugas keamanan hotel.

Anggota Brimob itu telah dibawa ke pelayanan medis terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Polisi kemudian memintai keterangan sejumlah saksi untuk mengungkap kasus dugaan penganiayaan terhadap anggota Brimob tersebut, termasuk raibnya senjata laras panjang tersebut.

Saksikan video berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pemuda NTT Penyebar Berita Kemerdekaan

Posted: 08 Aug 2017 08:00 PM PDT

Saat Indonesia merdeka pada Agustus 1945, teknologi informasi dan komunikasi masih jauh tertinggal dibanding 70 tahun kemudian. Jangankan media sosial, media-media masa pun masih terbatas. Penyebaran informasi ke publik hanya mengandalkan jaringan radio.

Pada 17 Agustus 1945 itu, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan. Kabar gembira itu tentu harus disebarkan seluas-luasnya kepada rakyat, selain ke publik internasional. Bagaimana caranya, kabar Indonesia sudah merdeka harus cepat diketahui orang banyak?

Dalam hal ini aksi Riwu Ga, seorang pemuda asal Nusa Tengggara Timur, sungguh menggetarkan. Riwu Ga yang buta huruf ini dipercaya proklamator RI Sukarno untuk menyebarkan berita proklamasi keliling Jakarta. Tujuannya agar rakyat Jakarta yang tidak memiliki radio bisa tahu bahwa Indonesia telah merdeka.

Dari atas mobil terbuka, Riwu Ga berteriak-teriak sambil melambai-lambaikan bendera Merah Putih, berkeliling Jakarta. "Kita sudah merdeka, kita sudah merdeka, merdeka, merdeka!"

"Kisah ini hasil wawancara saya langsung dengan Riwu Ga pada bulan Agustus 1991. Riwu Ga memiliki jasa yang besar untuk kemerdekaan RI dan ia terlibat langsung dalam perintisan kemerdekaan RI, sehingga dia pantas untuk menjadi pahlawan nasional," kata Peter A. Rihi, penulis buku sejarah Riwu Ga, kepada Liputan6.com saat acara seminar kepahlawanan Riwu Ga untuk usulan sebagai pahlawan nasional di Kupang, NTT, Oktober 2016 lalu.

Siapakah Riwu Ga?

Riwu Ga dilahirkan di Depe, Sabu Barat, pada 1918. Kemudian pada 1934 Riwu Ga merantau ke Ende, Flores, dan tinggal bersama kakaknya, Gadi Walu.

Di Ende, Riwu Ga menjual kue setiap pagi dan sore. Riwu sering datang ke rumah Bung Karno dan membantu pekerjaan sehari-hari, termasuk ikut main tonil yang digelar Bung Karno. Selanjutnya Riwu Ga diminta Bung Karno untuk tinggal bersama-sama.

Usai pengasingan di Ende, Bung Karno dipindahkan ke Jawa dan Sumatera. Riwu Ga terus bersama Bung Karno hingga Indonesia dinyatakan merdeka.

Riwu Ga kemudian kembali ke NTT. Di Kupang, Riwu menjadi penjaga malam di kantor dinas setempat hingga pensiun pada 1974. Kemudian bersama istrinya dia menjadi petani di Nunkurus, Kabupaten Kupang.

Pada 17 Agustus 1945, Riwu Ga keliling Jakarta mengumumkan kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal yang sama 51 tahun kemudian, 17 Agustus 1996, pelayan sekaligus pengawal pribadi Bung Karno itu mengembuskan napas terakhir.

 

 

Riwu Ga diusulkan jadi pahlawan nasional (Liputan6.com / Ola Keda)

Dalam perjuangannya, presiden pertama RI Sukarno atau Bung Karno kerap lolos dari maut. Insiden-insiden yang nyaris menewaskannya berulang kali terjadi sejak dia berjuang. Salah satunya insiden di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Syahdan, sesaat sebelum Jepang masuk Ende, Bung Karno sebagai tawanan politik akan dilarikan Belanda ke Australia. Saat itu, kapal sudah penuh terisi, sehingga Belanda hanya mencatat tambahan dua penumpang dewasa dan satu anak-anak, yaitu Bung Karno, Ibu Inggit Garnasih, dan Kartika.

Saat itu Bung Karno menolak ikut jika Riwu Ga tak ikut pergi. Terjadilah perdebatan di pelabuhan antara Bung Karno dan polisi Belanda.

"Saya tak akan ikut tanpa Riwu," ucap Bung Karno.

Deru tank dan konvoi tentara Jepang menimbulkan ketakutan. Polisi-polisi Belanda bergegas masuk kapal tanpa Bung Karno.

Belum jauh dari pelabuhan, kapal yang membawa orang-orang Belanda yang akan menyelamatkan diri ke Australia itu dibom pesawat Jepang. Kapal meledak. Bung Karno selamat.

Janji Mati Bung Karno

Saat minta Riwu Ga tinggal bersamanya, Bung Karno minta izin ke Gadi Walu, kakak sepupu Riwu Ga.

"Boleh, tapi Bung Karno harus berjanji tidak menelantarkan Riwu di tanah rantau," ucap Gadi Walu.

"Kalau Riwu mati, saya juga akan mati," demikian janji Bung Karno.

Peter A. Rihi mengaku bersama jurnalis Yusak Riwu Rohi melakukan konfirmasi langsung pada nenek Gadi Walu yang sudah dalam usia lanjut, tapi ingatannya masih kuat.

"Bung Karno datang pada saya pakai baju dan celana putih," kata nenek Gadi, seperti ditirukan Peter.

"Saya minta Bung Karno datang lagi, karena Riwu harus pulang ke Sabu minta dukungan dengan ritual Jingitiu. Ketika Riwu sudah pulang dari Sabu, saya minta Bung Karno datang lagi, baru saya izinkan Riwu mengikuti Bung Karno."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Termasuk Neymar, 5 Pemain Brasil Ini Aksinya Paling Dinanti

Posted: 08 Aug 2017 08:00 PM PDT

Brasil berhasil menghasilkan bintang-bintang sepak bola yang hebat di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Eropa. Banyak pemain Negeri Samba yang buat kejutan di lantai transfer dan patut dinantikan aksinya.

Dalam sejarahnya, Brasil selalu memunculkan nama-nama tenar. Mulai dari Pele, Mane Garrincha, hingga Roberto Rivelino, dan Ronaldinho.

Setelah beberapa tahun terlihat lesu, Brasil kembali sumbang nama-nama terbaik dalam dua tahun terakhir. Nyaris seluruh klub besar Eropa mengandalkan pemain asal Negeri Samba sebagai motor serangan.

Pemain-pemain Brasil bersaing dengan pemain-pemain asal Amerika Latin lainnya juga Eropa. Banyak pula dari pemain Brasil ini yang kerap menciptakan sensasi, seperti yang dilakukan Neymar di Barcelona.

Lantas, siapa saja pemain Brasil yang aksinya dinantikan musim depan selain Neymar? Berikut daftarnya dikutip Sportskeeda:

Striker Liverpool, Roberto Firmino, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bayern Munchen pada laga Audi Cup di Stadion Allianz Arena, Munchen, Selasa (1/8/2017). Munchen kalah 0-3 dari Liverpool. (AFP/Christof Stache)

Roberto Firmino telah terbukti menjadi pilihan yang sangat serbaguna sejak kedatangannya di Liverpool pada tahun 2015. Dia nyaris bisa dimainkan pada semua posisi di lini depan.

Dengan kedatangan bintang Mesir, Mohamed Salah, Firmino akan diberikan kebebasan beroperasi di posisi favoritnya, sebagai penyerang utama. Belum lagi dukungan dari Sadio Mane dan rekan senegaranya, Philippe Coutinho.

Juergen Klopp jelas akan menjadikannya pilihan pertama. Firmino jua tampaknya diatur untuk memasuki musim ini dengan maksud yang jelas, yakni untuk memperbaiki statistik golnya.

Kiper Benfica, Ederson Moraes, saat tampil melawan Victoria SC pada laga Liga Portugal di Stadion Luz, Lisbon, Sabtu (13/5/2017). (AFP/Jose Manuel Ribeiro)

Brasil telah mencari kiper yang hebat selama beberapa tahun. Tapi, kini mereka telah menemukannya, dan Ederson Moraes jadi sosok itu.

Pep Guardiola adalah penggemar berat pemain asal Brasil tersebut, terutama karena kemampuan dan ketenangannya di bawah tekanan. Sistem Guardiola selalu mengandalkan permainan yang dibangun dari belakang, dan untuk itu, kiper yang bisa bermain bola secara tenang sangat penting.

Ederson jauh lebih dari sekadar seseorang yang bisa menahan bola dengan baik. Ketika sampai pada refleks yang cepat dan penyelamatan yang spektakuler, dia tampil bak roket. Makanya, City mau menebus klausulnya dengan rekor transfer kiper.

Penyerang Manchester City, Gabriel Jesus saat dilanggar bek Real Madrid, Daniel Carvajal pada pertandingan ICC di Los Angeles Memorial Coliseum, Kamis (27/7). City menang atas Madrid dengan skor 4-1. (AP Photo/Jae C. Hong)

Gabriel Jesus menyelesaikan kepindahannya dari Palmeiras ke Manchester City pada bulan Januari. Meski tiba di pertengahan musim, pemain berusia 20 tahun itu masih berhasil mencetak tujuh gol dalam hampir sepuluh penampilan di liga.

Musim depan, jelas dia akan sangat dinantikan aksinya. Tantangannya adalah untuk mempertahankan performa danmenambahkan beberapa assist ke penghitungannya.

Ada hal yang membuat Jesus istimewa, yakni kemampuannya untuk mbikle, atau bahkan melebar untuk menerima bola, daripada pasif di kotak penalti. Dengan Piala Dunia beberapa bulan lagi, Gabriel Jesus dan Roberto Firmino akan melakukan yang terbaik untuk menunjukkan tingkat tertinggi mereka dalam sepak bola Inggris.

3. Philippe Coutinho (Liverpool) – Sudah sejak lama Barcelona menginginkan jasa pemain asal Brasil ini. Dengan dana besar hasil penjualan Neymar diharapkan Liverpool mau melepas pemain andalannya tersebut.  (EPA/Peter Powell)

Meski Liverpool mempersiapkan diri untuk membuat comeback di Liga Champions, masa depan Coutinho tetap tidak pasti. Jelas Liverpool tak akan mau melepas Coutinho.

Pemain 25 tahun itu jadi subjek spekulasi dalam pers Catalunya. Sport dan Mundo Deportivo bahkan mengonfirmasikan bahwa FC Barcelona akan melakukan segalanya untuk dapat servis Coutinho.

Tapi satu hal yang pasti, di manapun akan bermain, Coutinho akan terus bersinar dan menghibur jutaan penggemar di seluruh dunia, dengan triknya yang terampil dan gol sensasional. Tampaknya Barca ingin dia untuk beroperasi sebagai playmaker di sisi kiri.

Berbeda dengan Klopp yang jadikan dia sebagai gelandang sentral yang bertanggung jawab untuk mengatur permainan. Dua klub yang berbeda, dengan dua pendekatan berbeda, dari dua manajer berbeda. Coutinho harus berpikir sangat hati-hati sebelum membuat keputusan akhir.

Striker PSG, Neymar, diperkenalkan kepada publik Parc des Princes pada Sabtu (5/8/2017). (AP Photo/Francois Mori)

Ya, Neymar sudah jelas jadi pemain Brasil yang patut dinantikan aksinya. Setiap musim, tanpa keraguan, dia selalu tampil memukau.

Kepergian Neymar sendiri bak dua sisi mata pisau bagi Barcelona. Satu sisi, El Barca akan kehilangan talenta emasnya yang mungkin akan sulit didapatkan lagi pada pemain lain. Tapi, pada sisi lainnya, mereka bisa mendatangkan pemain bintang lainnya yang selama ini jadi incaran.

Secara statistik, Neymar musim lalu memang cuma mencetak 20 gol saja. Tapi, andilnya sangat besar. Jangan salah, dia merupakan pemain dengan catatan assists terbanyak dari semua pemain di Spanyol, yakni 21 kali.

Kontribusi Neymar dalam tiga musim terakhir juga sangat penting buat Blaugrana. Menurut catatan Squawka, pemain Brasil itu rata-rata menghasilkan 30 gol dalam satu musim sejak 2014/15. Ketika trio MSN cetak 122 gol dan 66 assist kala itu, Neymar sukses kemas 39 gol dan 11 assist di semua kompetisi.

Kini, dengan PSG, Neymar jelas diharapkan bisa lebih bermain bebas. Apalagi dia kini lepas dari bayangan Lionel Messi.

I. Eka Setiawan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korea Utara Ancam Tembak Misil ke Wilayah Guam AS

Posted: 08 Aug 2017 08:00 PM PDT

Hubungan Amerika Serikat dan Korea Utara terus memanas. Panasnya situasi tersebut dipicu oleh uji coba misil yang kerap dilakukan Korut.

Baru-baru ini, Presiden AS Donald Trump menyebut semua ancaman Korut terhadap Negeri Paman Sam akan dibalas dengan tembakan dan kemarahan. Korut menanggapi pernyataan itu dengan tak kalah sengit. 

Korea Utara menyatakan, mereka dengan teliti telah mempelajari kemungkinan melakukan serangan misil ke AS khususnya ke wilayahnya di Pasifik, Pulau Guam.

"Rencana serangan akan dipraktikkan dengan cara berkesinambungan dan berturut-turut, begitu pemimpin kami Kim Jong-un mengeluarkan keputusan," ucap Juru Bicara Tentara Rakyat Korut, seperti dikutip dari The Independent, Kamis (9/8/2017).

Tidak hanya itu, Korea Utara siap sedia melancarkan operasi pencegahan jika AS melakukan tindakan provokatif.

Uji coba rudal yang terus dilakukan Korut memicu kecaman dunia. Dewan Keamanan (DK)  PBB dengan suara bulat menyetujui sanksi baru yang dirancang AS, termasuk di dalamnya larangan ekspor senilai lebih dari US$ 1 miliar.

Bukan hanya PBB, dalam pertemuan antar menteri, ASEAN sepakat menanggapi situasi yang terjadi di Semenanjung Korea sebagai sesuatu yang mengkhawatirkan. Hal tersebut tercantum dalam Joint Communique yang merupakan hasil dari pertemuan tersebut.

ASEAN mengatakan bahwa perkembangan misil dan uji coba nuklir Korea Utara mengancam keamanan dan stabilitas di kawasan dan dunia. ASEAN juga mendesak Korut untuk mematuhi semua kewajibannya dalam resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan.

Simak video berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bedah Rinoplasti, Cara Aman Peroleh Hidung Mancung Tanpa Silikon

Posted: 08 Aug 2017 08:00 PM PDT

Memiliki hidung kecil, ramping atau mancung tentu menjadi impian banyak wanita dan pria. Bahkan belakangan semakin banyak cara untuk mengabulkan impian itu. Sayang, banyak individu yang hanya berfokus pada penampilan dan melupakan kegunaan atau fungsi dari hidung.

Seorang otolaringologi, Dr Tan Kar Su dari The Rhinoplasty Clinic di Singapura, mengatakan ada banyak cara untuk mengubah tampilan hidung menjadi lebih bagus dan berfungsi baik. Namun, dia berpendapat jika tindakan bedah rinoplasti lebih aman untuk dilakukan, sebab menggunakan bahan autologus (diambil dari tubuh sendiri).

Dr Tan menjelaskan ada tiga teknik bedah untuk mengubah bentuk hidung. Pertama, implan dengan memasukkan benda silikon, lalu hybrid yaitu setengah silikon dan setengah dari tubuh sendiri. Terakhir teknik autologist, dengan menggunakan material dari tubuh sendiri.

"Saya mendalami ilmu bedah rinoplasti karena dengan mengambil bahan dari tubuh pasien sendiri, dipastikan lebih aman, alami dan bersifat abadi," kata Dr Tan dalam diskusi media The Rhinoplasty Clinic di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (8/8/2017).

Area tubuh yang bisa digunakan untuk teknik bedah rinoplasti ini ialah tulang rawan telinga, tulang rusuk, nasal septum (dinding/rongga hidung) dan kulit.

Dr Tan sendiri tak hanya mengerjakan permintaan pasien yang ingin memperindah bentuk hidung mereka. Tak jarang pasiennya datang justru untuk memperbaiki fungsi hidung yang mengganggu aktivitas, biasanya karena sinusitis dan mendengkur.

"Ada pasien saya yang atlet dan beberapa anak muda usia 20-an memiliki gangguan pernapasan, terutama mereka yang olahraga ya jadi terganggu karena napasnya tidak normal. Lalu saya perbaiki dan secara bersamaan masalah pernapasan sembuh dan bentuk hidung pun jadi lebih bagus dan mereka senang akan itu," katanya. 

 

Saksikan juga video berikut ini: 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: