Rabu, 08 Oktober 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Begini Cara Jepang Jaga Ketahanan Energi

Posted: 08 Oct 2014 09:43 PM PDT

Dewan Energi Nasional (DEN) menyatakan, Jepang telah membuat penampungan gas di bawah bukit untuk memperkuat cadangan energinya. Hal ini dapat menjadi bahan pembelajaran bagi Indonesia.

Anggota DEN, Tumiran mengungkapkan, pasokan gas alam cair (Liquid Natural Gas /LNG) yang disimpan tersebut berasal dari Indonesia.

"Saya pernah ke Jepang, ada tunel di bawah bukit panjang untuk mengisi dia beli LNG indonesia dia simpan di dalam tanah," kata Tumiran, di Jakarta, Kamis (9/10/2014).

Tumiran menambahkan, hal tersebut dilakukan Jepang untuk menjaga ketahanan energi. Sehingga, jika tidak mendapat pasokan sumber energi negeri matahari terbit ini bisa bertahan sampai setahun.

"Artinya dia punya energy security artinya dalam satu tahun tidak dapat pasokan energi dia bisa bertahan," ungkapnya.

Bagaimana dengan ketahanan energi Indonesia? Menurut Tumiran, ketahanan energi Indonesia saat ini masih tertatih. Pasalnya cadangan Bahan Bakar Minyak (BBM) Indonesia saat ini hanya 20 hari, sehingga sangat rentan jika terjadi gangguan.

"Jadi kita sekarang belum punya cadangan penyangga dan strategis, yang ada cadangan operasional 20 hari," pungkasnya. (Pew/Ahm)

Ferguson: Van Gaal Ciptakan Banyak Perubahan di MU

Posted: 08 Oct 2014 09:42 PM PDT

Sir Alex Ferguson memberikan dukungan penuh terhadap kepemimpinan Louis van Gaal di Manchester United. Ferguson juga menyebut Van Gaal sebagai manajer brilian.

Van Gaal memiliki tugas berat bersama MU. Pria berusia 63 tahun tersebut harus membangkitkan kejayaan serta mental pemain yang terpuruk usai raihan buruk pada musim lalu di bawah asuhan David Moyes.

Kini, di bawah kepemimpinan Van Gaal, Setan Merah --sebutan MU-- sudah memenangkan tiga pertandingan di Liga Premier Inggris dan berada di posisi empat besar.

http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/740891/original/070231300_1411395324-000_DV1853810.jpg

"Dia (Louis van Gaal) sudah membuat banyak perubahan dan berpikir ke arah sana. Dia sudah melakukan hal benar untuk membangun timnya sendiri," kata Ferguson, dikutip dari Soccerway.

Masih kata Ferguson, Van Gaal mempunyai ide yang sangat cemerlang untuk melakukan perombakan di skuat Setan Merah.

"Dia adalah seorang pria yang punya pengalaman dan pembinaan untuk melakukan perubahan. Cara berpikirnya untuk melakukan hal itu saya pikir sangat brilian," tutup pria yang kini memutuskan untuk mengakhiri kariernya sebagai manajer MU pada tahun 2013.

Bubur Norman Kamaru Ternyata Sempat Tak Laku

Posted: 08 Oct 2014 09:40 PM PDT

Ada cerita menarik di balik kesuksesan Norman Kamaru berjualan bubur Manado. Pria 28 tahun itu mengaku jika bubur buatannya itu sempat tak laku. Di antara banyak pelanggan, rata-rata hanya mau membeli lauk khas Manado atau memesan kopi kepada Norman.

"Sebelumnya nggak ada yang mau beli bubur. Tadinya cuma pada beli cakalan suwir saja, bubur nggak ada yang beli. Padahal susah banget bikinnya," kata Norman di Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (8/10/2014).

Hingga akhirnya, jalan memperkenalkan bubur Manado buatannya itu terbuka lebar lewat media. Tak sengaja, Norman bertemu wartawan yang iseng mampir ke warung kecilnya. Kala itu, mantan polisi Gorontalo ini sedang coba-coba membuat bubur.

"Alhamdulillah, waktu itu ketemu infotainment pas lagi bikin bubur. Akhirnya diangkat soal bubur dan akhirnya seperti sekarang banyak orang yang malah beli bubur," ungkap Norman Kamaru.

Kerja keras Norman kini seolah terbayar. Banyak orang yang sekarang mengenal Norman sebagai penjual bubur Manado. Pundi-pundi rupiah pun lancar masuk ke kantongnya. Hal itu tak lepas dari pesan sang istri, Daisy Paindong kepada Norman Kamaru.

"Saya bilang, motivasi saya dan dia (Norman), coba lihat anak saja. Kalau pengin anaknya jadi gembel silahkan, tapi kalau pengin anak sukses dimulai dari kesuksesan ayahnya dulu," ujar istri Norman Kamaru ini. (Ras)

The Cup Rice and Noodle Kini Hadir di Indonesia

Posted: 08 Oct 2014 09:30 PM PDT

Reportase: Hernowo Anggie

Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan restoran Korea di Indonesia cukup berkembang pesat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan cukup mudahnya menemukan restoran atau tempat makan yang menyajikan menu makanan khas Negeri Ginseng di tanah air.


Yang terbaru, ada The Cup Rice and Noodle. Restoran franchise asal Korea tersebut kini sudah bisa Anda temui di Indonesia. Membuka perwakilan pertama di Jakarta, The Cup Rice and Noodle mulai memperkenalkan menu makanan Korea yang berbeda dari yang lain.

"Restoran Korea yang ada di Indonesia kan kebanyakan panggang, rice dan noodle. Jarang ada restoran Korea menjual khusus nasi dan kombinasi noodle," ucap Kevin Lau, selaku owner The Cup Rice and Noodle yang ditemui di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Rabu (8/10/2014).

Keunikan dan citarasa masakan Korea langsung terasa saat mencicipi menu makanan yang disediakan oleh The Cup Rice and Noodle. Yang begitu kentara, adalah sensasi rasa makanan khas Korea yang modern.

"Jarang kan rice dicampur sama sayur dan noodle. Nah kalau di tempat kita, pengunjung bisa menyantap berbagai makanan khas Korea dengan cara yang berbeda," tutur Kevin.

Beberapa makanan khas Korea seperti Bibimbap, Mushroom Bulgogi Rice hingga Topokki, menjadi menu andalan restoran yang mengusung konsep Modern Korean Food ini.

"Yang terpenting, semua makanan yang kita sajikan memiliki kualitas citarasa yang lain daripada restoran Korea yang ada di Indonesia. Kami import saus langsung dari Korea," papar dia.

Restoran yang berlokasi di Ruko Crown Golf, Blok D nomer 50, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini menyajikan makanan khas Korea dengan harga yang terjangkau.

"Dimulai dari Rp65 ribu hingga Rp85 ribu untuk semua jenis makanan kami. Salah satu kelebihan makanan kami, semua disajikan dengan porsi yang lebih besar dan banyak," tutupnya seraya berpromosi. (Hernowo Anggie/Ars)

Belajar Efektif dengan Bernyanyi

Posted: 08 Oct 2014 09:30 PM PDT

Dulu seringkali Anda heran kenapa syair lagu yang bahkan menggunakan bahasa asing (inggris) begitu mudah saya hafal walaupun ketika itu saya sendiri belum menguasai bahasa inggris?

Mungkin Anda merasakan hal yang sama? Syair-syair lagu begitu dengan mudahnya masuk ke dalam otak kita dan meninggalkan "jejak". Bahkan gejala yang sama juga terjadi dengan anak-anak yang baru mulai mengenal musik.

Setiap hari ataupun setiap saat otak kita memproses informasi yang berjuta-juta jumlahnya. Mulai dari sensasi kecil yang dirasakan telapak kaki kita, sampai informasi yang sengaja kita masukkan dengan membaca sesuatu seperti indera pendengaran juga memproses hal yang sama.

Telinga mendengar berbagai informasi yang kemudian diproses oleh otak. Semua yang kita dengar memiliki nada dan intonasi yang berbeda. Agaknya dalam hal ini, otak menyukai sesuatu yang lebih dinamis dalam memproses informasi melalui indera pendengaran.

Bayangkan jika Anda dalam sebuah kelas sedang mendengarkan seorang guru maupun dosen yang menjelaskan suatu materi pelajaran atau materi kuliah. Saya minta Anda bayangkan, semua mahasiswa memejamkan mata dan hanya mengandalkan indera pendengaran untuk memproses informasi yang diberikan dosen atau guru tersebut.

Ketika guru ATAU dosen itu menjelaskan dengan nada dan intonasi menarik, maka otak Anda akan tetap menaruh fokus terhadap apa yang disampaikan. Berbeda ketika guru atau dosen tersebut berkata-kata dengan nada monoton, maka dengan cepat Anda akan merasa mengantuk atau bosan terlepas isi yang dibicarakan menarik sekalipun.

Setiap hari kita mendengar jutaan tangga nada yang bervariatif. Semua perkataan yang diucapkan oleh Anda dan rekan Anda selalu bernada dengan nada tertentu. Dan tentu saja akan lebih nyaman ketika nada bicara yang digunakan dibuat semenarik mungkin.

Para penyanyi, pencipta lagu, pembuat aransemen, trainer, MC, bahkan beberapa politikus adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan mengatur nada untuk menyampaikan sesuatu pesan atau informasi. Akibatnya pesan atau informasi tersebut, mudah diingat otak. Bahkan, ketika kita berbicara dengan diri kita sendiri, kita menggunakan nada tertentu pula

Oleh karena itu, salah satu strategi belajar paling efektif adalah menggubah lagu. Pilih lagu yang paling anda sukai lalu pelan perlahan rubah syairnya dengan informasi yang ingin Anda hafal-kan. Sebisa mungkin gunakan rima (akhiran) yang sama untuk setiap bait lagunya.

Jika memungkinkan, rekam suara Anda atau gunakan metode karaoke untuk mempelajari informasi tersebut. Nanti ketika Anda belajar Anda hanya tinggal memutar rekaman tersebut sambil ngemil. Asyik bukan?

Pengirim:

Muzaaka Midiastono

@OfficialMuzaaka

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Ditanya Kapan Nikah, Ini Jawaban Syahrini

Posted: 08 Oct 2014 09:30 PM PDT

Syahrini tengah berbunga-bunga hatinya lantaran sudah menemukan pria bule asal Singapura yang kini jadi kekasihnya. Saat ditanya kapan akan melepas masa lajangnya, pemilik jambul terowongan Casablanca ini punya jawabannya.

"Doain saja sang princess ya," ujar Syahrini saat ditemui Istora Senayan, Jakarta Pusat (8/10/2014).

Meski belum lama berpacaran, pelantun Sesuatu ini sudah mengenalkan sang kekasih kepada keluarganya, terutama ibunda.

"Sudah aku bawa ke rumah, dan aku kenalin ke mama dan saudara yang lain. Tanggapan mama, Alhamdulillah ya," ujar Syahrini dengan gaya centilnya.

Syahrini mengaku dalam memilih pasangan, ia selalu memperhatikan bibit, bebet, dan bobot. Dan kriteria tersebut ada pada pria yang masih dirahasiakan identitasnya.

"Dalam memilih pasangan, aku harus tahu dulu keluarganya siapa, nggak mungkin sembarangan. Pokoknya harus tahu bibit, bebet, bobotnya," pungkas Syahrini.(Pur/Mer)

 

Loading

💞💑💓 #paris_sepatember_2014

View on Instagram

Petugas KRL Ganteng Yudi Ramdhan Bangga Pakai Seragam KAI

Posted: 08 Oct 2014 09:29 PM PDT

Siapa yang tidak terpesona melihat sosok Yudi Ramdhan, petugas KRL ganteng? Dengan perawakan tinggi, putih, dan berwajah tampan, dia dapat dengan mudah menaklukan hati wanita manapun. Apalagi jika mengenakan seragam, semakin menambah ketampanan Pria berusia 32 tahun itu.  

Ya, Yudi memang gemar menggunakan seragam saat dinas, baik itu di kantor maupun di lapangan bertemu dengan klien. Sayang, kebiasaan itu kerap dikomplain rekan-rekan kerjanya.

"Saya suka pakai seragam tapi banyak komplain. Padahal saya ingin menunjukkan sisi lain dari seragam, selain karena terlihat lebih gagah," ujar Pria asal Bandung itu saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, kemarin (9/10/2014).

Yudi pun pandai memilih ukuran seragam yang pas dengan tubuh idealnya. "Saya pakai seragam yang ukurannya pas dengan badan. Yang sempit-sempit saja," katanya tertawa.

Untuk tetap terlihat menarik, Ayah satu orang putri ini menyempatkan diri untuk menyalurkan hobinya berolahraga. Biasanya renang atau fitnes dengan jadwal dua atau tiga kali dalam seminggu.

"Suka sekali renang dan fitnes. Kalau baju sudah terlihat nggak keren lagi sama badan, itu tandanya harus fitnes," imbuh Pria dengan tinggi 178 cm dan berat badan 75 kg itu. (Fik/Ndw)

Jokowi 'Tantang' Hashim Adik Prabowo Bertarung 5 Tahun Lagi

Posted: 08 Oct 2014 09:29 PM PDT

Adik dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo mengatakan, kekuatan Koalisi Merah Putih (KMP) akan berupaya menghambat pemerintahan Jokowi-JK ke depan. Bahkan mereka akan menyelidiki kasus-kasus yang selama ini diduga melibatkan Jokowi.

Namun, ‎Presiden terpilih Jokowi tak takut dengan ancaman tersebut. Menurut dia, bila ingin menguasai pemerintahan, lebih baik bertarung pada Pemilu 2019.

"(Kalau mau) nanti baru tarungnya 5 tahun lagi (Pilpres 2019). Kalau sekarang jangan ada semangat jegal-menjegal," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (9/10/2014).

Jokowi pun mengaku heran mengapa Hashim yang sebelumnya diangkat sebagai Dewan Pengawas Taman Margasatwa Ragunan itu bisa mengeluarkan pernyataan yang bersifat mengancam dan menghambat pemerintahannya. Padahal, dia tidak mempunyai masalah apapun dengan Prabowo-Hatta.

"Saya nggak ngerti pemikiran seperti apa kalau seperti itu. Ada jegal-menjegal, mestinya jangan ada semangat jegal menjegal," kata dia.

Ia pun menegaskan, pemerintahan yang dibangun olehnya bukanlah untuk kepentingannya pribadi atau kepentingan partai-partai pengusungnya. Semangat yang muncul menurut Jokowi adalah semangat untuk menyejahterakan rakyat.

"Ini untuk rakyat dan negara, Ini bukan untuk kepentingan Jokowi," tandas Jokowi.

Sebelumnya, Hashim menyatakan, koalisinya berencana menyelidiki kasus-kasus yang selama ini diduga melibatkan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta dan Walikota Solo. Menurut adik Prabowo itu, Jokowi diduga terlibat dalam 2 kasus besar.

"Kami akan menggunakan kekuatan untuk menyelidiki (kasus-kasus Jokowi) dan menghambat (program pemerintahan Jokowi)," kata Hashim kepada Reuters. (Mut)

Adik Prabowo 'Mengancam', Jokowi Minta Tak Ada Jegal-menjegal

Posted: 08 Oct 2014 09:28 PM PDT

Mendapat ancaman pemerintahannya akan diganggu kelompok yang menguasai parlemen, Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi tak gentar. Dari kantornya di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jokowi mengatakan ancaman tersebut hanya ungkapan emosional.

Ancaman itu sebelumnya dilontarkan adik Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo. Hashim mengatakan, Koalisi Merah Putih (KMP) yang menguasai parlemen akan berupaya sekuat tenaga untuk menghambat dan mengganggu pemerintahan Jokowi-JK.

Menurut Jokowi, walau KMP menguasai lebih dari separuh kursi DPR RI, tapi mereka tak bisa menjegal pemerintah begitu saja lantaran sistem pemerintahan yang dianut Indonesia adalah sistem presidensial.

"Kita ini sistemnya apa? Presidensial. Kamu tahu nggak? Sistem kita itu sistem presidensial," tegas Jokowi, Kamis (9/10/2014).

Masih kata Jokowi, pasca pemilihan presiden harusnya tak ada lagi upaya saling menjatuhkan dan pernyataan yang dapat menanamkan benih permusuhan. Dengan kekuasaan dan kewenangan yang dimiliki semua pihak, baik itu Koalisi Merah Putih maupun Koalisi Indonesia Hebat, harusnya sama-sama mempunyai semangat membangun bangsa.

"‎Semangat kita mestinya, setelah pilpres selesai, untuk membenahi negara ini. Menyejahterakan negara kita. Semuanya harus ke situ, jangan ada semangat jegal-menjegal," kata Jokowi. ‎

Dalam wawancara dengan Reuters, Hashim menyatakan pihaknya akan mengerahkan kekuatan untuk menghambat pemerintahan Jokowi. ‎"Kami akan menggunakan kekuatan kami untuk menginvestigasi dan menghambat," demikian Hashim Djojohadikusumo. ‎(Yus)

'Lionel Messi Pasti Bakal Tinggalkan Barcelona'

Posted: 08 Oct 2014 09:25 PM PDT

Mantan bek kiri Timnas Argentina, Gabriel Heinze memprediksi kalau Lionel Messi tidak akan memutuskan untuk gantung sepatu bersama Barcelona.

Heinze menyebut Messi akan mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola suatu saat nanti mumutuskan bakal memperkuat tim semasa kecilnya, yakni Newell's Old Boys. Messi merupakan pemain dari akademi Newell's Old Boys pada tahun 1995 hingga 2000.

"Saya belum melihat dia mengenakan kostus Newell's Old Boys. Saya yakin dia akan pensiun di sana," ucap Heinze, dikutip dari Sports Mole.

Lionel Messi (Liputan6.com/Yoshiro)

Pria berusia 36 tahun tersebut mengatakan, Messi akan senang menghabiskan kariesnya di klub asal Argentina tersebut.

"Saya pernah memperkuat tim asal Argentina tersebut (pada 1996-1997) dan saya tidak pernah berpikir untuk menghabiskan karier di sana," kata pria yang pernah memperkuat Manchester United tersebut.

"Tapi saat dua tahun terakhir (2012-2014), saya menghabiskan dengan Newell's Old Boys. Itu adalah klub terbaik dalam hidup saya," Heinze mengakhiri.

Seperti diketahui, Messi sudah memperkuat Barcelona sejak tahun 2004 hingga saat ini. Pria berusia 27 tahun tersebut sudah menorehkan 372 gol dari 466 penampilan.


Tidak ada komentar: