Kamis, 16 Oktober 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ini Kursi Kepresidenan Berusia 49 Tahun untuk Jokowi di MPR

Posted: 16 Oct 2014 09:22 PM PDT

Menjelang hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Jokowi-JK pada 20 Oktober 2014 mendatang, MPR sudah menyiapkan aturan main untuk prosesi sakral dan bersejarah tersebut. Untuk mensukseskan acara pelantikan itu, para pekerja dan pejabat Sekretariat Jenderal MPR antara lain telah melakukan gladi kotor dan simulasi acara pelantikan di Ruangan Rapat Paripurna 1, Gedung Kura-Kura DPR/MPR, Senayan, Jakarta.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR Edi Siregar, setelah masuk ke dalam Ruang Sidang Paripurna 1, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan duduk bersebelahan dengan Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi.

"Ini disebut kursi kepresidenan, di sini (sebelah kanan) Presiden SBY, dan di sini (sebelah kiri) Presiden terpilih. Di sana (sisi sebelah kiri panggung) posisinya sama untuk wakil presiden terpilih dan wapres," kata Edi sambil memperagakan dirinya seolah-olah sebagai Jokowi di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Edi mengungkapkan, kursi kepresidenan itu ada sejak gedung tersebut disahkan pada 22 Februari 1965 lalu. "Ini umurnya ya sejak gedung ini resmi disahkan, jadi saat gedung disahkan semua properti termasuk kursi kepresidenan ini sudah ada di dalam gedung ini," ungkap dia.

Edi menuturkan, nantinya setelah proses serah terima jabatan kepresidenan, Jokowi kemudian berdiri dan maju ke mikrofon di depannya untuk membacakan sumpah. Tepat di belakang kursi presiden dan presiden terpilih, duduk beberapa tokoh agama yang akan menyaksikan prosesi sumpah tersebut.

Setelah itu, ia menambahkan, jajaran pimpinan MPR turun bersama Jokowi untuk menandatangi berita acara di meja panjang yang berada tepat di tengah-tengah panggung.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian akan kembali ke posisi tempat duduk awal. Namun, kali ini SBY yang saat itu sudah tidak lagi menjadi presiden menyambut Jokowi. Keduanya kemudian bertukar tempat duduk karena status Jokowi yang sudah resmi menjadi presiden.

Jokowi kemudian akan maju ke atas podium untuk meyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden dengan durasi sekitar tujuh menit. "Seluruh prosesi dialokasikan berlangsung selama kurang lebih 1 jam 10 atau 1 jam 20 menit," tandas Edi. (Mut)

BALINALE 2014: Serunya Nonton Layar Tancap di Mal

Posted: 16 Oct 2014 09:20 PM PDT

 
Keunikan penyelenggaraan Bali International Film Festival 2014 atau Balinale 2014 adalah pertunjukan free open air cinema, atau pertunjukan film di tempat terbuka alias layar tancap. 
 
Pemutaran film dilakukan di area terbuka mal Beach Walk, Kuta, Bali. Penonton terlihat sangat nyaman dan menikmati film sambil lesehan, tiduran di kursi malas. Aneka makanan pun menyertai penonton di area terbuka ini. Setiap pertunjukan disaksikan tidak kurang dari 150 penonton.
 
Pemutaran cuplikan film Garuda Superhero, Selasa (14/10/2014) sore lalu misalnya, justru bisa menyedot perhatian penonton karena dilakukan di tempat terbuka. Interaksi dengan penonton lebih mudah dilakukan. 
 
Beragam pertanyaan dilontarkan tanpa rasa sungkan, benar-benar tak berjarak antara penonton, pembuat film dan artis yang hadir di lokasi. Julia Perez yang menjadi salah satu pemain di film ini, pun cukup berhasil membuat penonton lebih nyaman dan tak malu-malu dalam mengajukan pertanyaan. 
 
Setelah pemutaran `Garuda Superhero`, area terbuka yang disebut sebagai Beach Walk Wooden Deck ini pun kembali riuh. Jadwal pemutaran film Obama Mama, Selasa (14/10/2014) malam, ternyata dinanti banyak penonton. Film `Obama Mama` yang dirilis Mei 2014 lalu, menjadikan Balinale 2014 sebagai tempat untuk premier internasionalnya. Film dokumenter-drama `Obama Mama` bertutur dari sudut pandang ibu Presiden Barack Obama, Ann Dunham. 
 
Menurut Director Balinale 2014 Deborah Gabinetti, pertunjukan di tempat terbuka memang merupakan upaya panitia Balinale 2014 mendekatkan film dengan penontonnya. Selain itu, dengan pemutaran di tempat terbuka, memudahkan akses penonton. Mereka tidak perlu bersusah-susah harus masuk gedung bioskop. 
 
"Ini belajar dari pengalaman penyelenggaraan selama tujuh tahun sebelumnya. Bahwa penonton kadang tidak peduli dengan program yang sudah ada. Nah, dengan pemutaran di area terbuka, mereka tinggal duduk dan memilih film. Dan nyatanya mereka antusias," ungkap Deborah yang mendirikan Balinale bersama Christine Hakim ini.
 
Open Air Cinema kebanyakan memutar film-film dokumenter, namun karena film-filmnya berkelas, penonton pun antusias. Area Wooeden Deck Beach Walk yang semua tempat pengunjung mal lewat dan menjadikan sebagai area meeting point, menjadi area nongkrong nonton bioskop. 
 
Masih banyak film-film berkelas yang akan diputar  di Wooeden Deck Beach Walk. Sebut saja The King of Size, Oney Anwar yang akan digelar pada Sabtu (18/10/2014). 
 
Tahun lalu festival film ini dihadiri 6000 penonton. Tahun ini, Balinale 2014 menargetkan untuk melampauinya. Bioskop area terbuka alias layar tancap menjadi salah satu daya tariknya.(Ade/Mer)
 
 

Prabowo: Kami Tetap Tak Segan Kritisi Pemerintahan Jokowi

Posted: 16 Oct 2014 09:19 PM PDT

Presiden terpilih Jokowi telah menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Meski menerima kunjungan Jokowi, Prabowo menyatakan akan tetap mengkritisi kinerja pemerintahan baru.

"Partai yang saya pimpin dengan teman-teman saya dan pendukung saya, akan saya minta untuk mendukung Jokowi dan pemerintah yang akan dipimpin. Apabila ada hal yang kami nilai tidak menguntungkan bangsa dan rakyat, kami tak akan segan-segan menkritisi dan mengoreksi," ujar Prabowo usai menerima Jokowi di rumah Jalan Kertanegara, Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Menurut Prabowo, hal itu telah disampaikannya secara langsung kepada Jokowi. Jokowi pun tidak mempermasalahkannya.

"Itu saya sampaikan tadi dan beliau sampaikan, ya itu lah yang diharapkan dalam sebuah demokrasi," ungkap Prabowo.

Sebelumnya, Prabowo meminta kepada para pendukungnya untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK. "Bahwa pertarungan politik adalah wajar sampai beretorika dengan keras. Akan tetapi di ujung harus kebaikan, keselamatan dan kesejahteraan rakyat," kata Prabowo.

Prabowo juga meminta pendukungnya tidak menganggap bahwa perbedaan politik, pandangan dan persaingan politik harus menjadi sumber perpecahan. "Tidak boleh, kita satu nusa, satu bangsa, kita harus bersatu," imbau Prabowo.

Ini Daftar Harga iPad Air 2 & iPad Mini 3

Posted: 16 Oct 2014 09:14 PM PDT

Apple telah secara resmi memperkenalkan dua varian iPad terbaru mereka, iPad Air 2 dan iPad Mini 3 (Retina Display). Rencananya kedua generasi anyar iPad ini akan tersedia di pasaran pada 24 Oktober minggu depan, sementara waktu pemesanannya sudah akan dimulai sejak hari ini, Jumat (17/10/2014), waktu Amerika Serikat.

Lalu berapa banderol yang di pasang Apple pada iPad Air 2 dan iPad Mini 3? 

Berdasarkan yang telah tercantum di laman resmi Apple Store, berikut adalah perincian harga kedua varian baru iPad tersebut:

iPad Air 2 



16GB Wi-Fi: US$ 499
64GB Wi-Fi: US$ 599
128GB Wi-Fi: US$ 699

16GB Wi-Fi + Cellular: US$ 629
64GB Wi-Fi + Cellular: US$ 729
128GB Wi-Fi + Cellular: US$ 829

iPad Mini 3 (Retina Display)

New iPad Mini

16GB Wi-Fi: US$ 399
64GB Wi-Fi: US$ 499
128GB Wi-Fi: US$ 599

16GB Wi-Fi + Cellular: US$ 529
64GB Wi-Fi + Cellular: US$ 629
128GB Wi-Fi + Cellular: US$ 729

Jokowi Bertemu Prabowo, IHSG Sumringah

Posted: 16 Oct 2014 09:12 PM PDT

Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak positif jelang penutupan sesi pertama perdagangan saham Jumat (17/10/2014). Pertemuan Prabowo dengan presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memberikan sentimen positif untuk IHSG.

Berdasarkan data Bloomberg pukul 10.39 WIB, IHSG berada di kisaran 4.955,50. IHSG pun naik bertahap hingga ke level 4.977,51.

Pukul 10.58 WIB, IHSG naik 26,69 poin atau 0,54 persen ke level 4.978,30. Jelang penutupan sesi pertama, IHSG berada di level tertinggi 4.981,85 dan terendah 4.953,49.

Pengamat pasar modal Alfred Nainggolan menuturkan, adanya pertemuan Jokowi dan Prabowo memberikan sentimen positif ke pasar. Apalagi gerak IHSG sempat melemah jelang pukul 10.00 WIB, lalu akhirnya kembali menguat.

"Begitu pasar melihat pertemuan Jokowi dan Prabowo. IHSG naik 28 poin bahkan hingga 30 poin. Fluktuasi indeks saham cukup besar. Level intraday 4.953-4.981 itu didorong sentimen pertemuan Jokowi dan Prabowo," ujar Alfred, saat dihubungi Liputan6.com.

Jokowi bertemu dengan Prabowo di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Pertemuan ini pertama kali antara Jokowi dan Prabowo usai pemilihan presiden (Pilpres) 2014 yang juga bertepatan dengan ulang tahun Prabowo ke-63. Prabowo lahir pada 17 Oktober 1951.

Alfred memprediksikan, IHSG masih akan terus menguat hingga pekan depan. Hal itu ditopang dari sentimen politik domestik.
Penguatan IHSG ini ditopang dari 140 saham berada di zona hijau sementara itu 93 saham melemah. Sedangkan 76 saham diam di tempat.

Sebagian besar sektor saham menguat pada hari ini kecuali sektor saham perkebunan dan pertambangan. Sektor saham konstruksi naik 1,68 persen dan sektor saham consumer goods menguat 1,66 persen.

Meski demikian, investor asing masih terus melakukan aksi jual bersih sekitar Rp 330 miliar. Sedangkan pemodal lokal membeli saham sekitar Rp 300 miliar.

Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia (BI), nilai tukar rupiah terhadap dolar cenderung tertekan. Rupiah berada di kisaran 12.222 terhadap dolar Amerika Serikat pada hari ini dibandingkan periode Kamis 16 Oktober 2014 di kisaran 12.207. (Ahm/)

The Walking Dead Punya Episode Terbaik Sepanjang Musim

Posted: 16 Oct 2014 09:10 PM PDT

Sutradara Glen Mazzara berhasil membuktikan kalau dirinya mampu membawa serial The Walking Dead ke arah yang lebih spektakuler. Seperti dikutip dari harian Digital Spy, Rabu (15/10/2014), episode pertama dari musim kelima The Walking Dead sukses merebut gelar sebagai episode terbaik yang pernah ada di sepanjang sejarah serial tersebut.

Tak heran, hingga berita ini diturunkan, gelombang histeria dari serial ini terus mengalir tanpa henti. Bahkan, kalau menyimak perilisan episode pertamanya kemarin, The Walking Dead tercatat mampu meraup 17,3 juta penonton dan memecahkan rekor musim-musim sebelumnya.

Alhasil, menanggapi keberhasilan besar tersebut, hampir semua pemain The Walking Dead mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para penonton.

Dijanjikan mereka, serial ini bakal lebih banyak menyuguhkan kejutan-kejutan yang diharapkan mampu membuat semua penggemar The Walking Dead kembali merasa kagum.

"Terima kasih untuk para fans yang sudah membuat The Walking Dead menjadi tayangan nomor satu di televisi," ucap mereka dalam sebuah video yang diunggah ke Facebook, baru-baru ini.

Rencananya, The Walking Dead akan melanjutkan episode keduanya pada 19 Oktober 2014 mendatang di stasiun televisi AMC. Serial ini juga bisa anda saksikan di saluran FOX melalui Nexmedia [baca: Giliran Binatang yang Terinfeksi Zombie].(Feb/Rul)

MPR Gelar Gladi Kotor Pelantikan Jokowi-JK

Posted: 16 Oct 2014 09:07 PM PDT

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) melakukan gladi kotor persiapan pelantikan Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden 20 Oktober mendatang. Gladi kotor ini dipimpin langsung ketua MPR Zulkifli Hasan.

"Ini masih latihan, hari ini gladi kotor, besok juga gladi kotor. Minggu baru gladi bersih. Mana yang bagus, mana yang kurang, akan diperbaiki," kata Zulkifli di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/10/2014).

Politisi PAN tersebut sibuk memperhatikan prosesi gladi kotor. Tak jarang, ia pun mengarahkan beberapa pejabat Kesekretariatan Jenderal MPR untuk menyempurnakan prosesi gladi kotor ini. "Saya mau yang sempurna, jangan ada kesalahan," kata Zulkifli saat memimpin gladi kotor.

Zulkifli menjelaskan, MPR akan mengundang sebanyak 1200 tamu undangan, di antaranya kepala negara, utusan khusus, pimpinan partai politik dan lainnya. "Tamu undangan sekitar 1200, 9 kepala negara, 8 utusan khusus. Sudah konfirm. Insya Allah kita berprasangka baik," jelas dia.

Menurutnya, pelantikan ini berbeda dengan pelantikan presiden sebelumnya, yaitu presiden terpilih bersama presiden yang lama melakukan serah terima jabatan dalam pelantikan. Karena itu, ia berharap pelantikan ini dapar berjalan tertib dan sukses.

"Ini kan menjadi tonggak sejarah baru. Di mana presiden terpilih dan presiden bersama-sama ada di sini. Serah terima menjadi damai dan sejuk," tandas Zulkifli.

Pertamina Resmi Jadi Anggota Pemain Gas Dunia

Posted: 16 Oct 2014 09:05 PM PDT

PT Pertamina (Persero) resmi diterima sebagai associate member pada International Gas Union (IGU) sebagai bentuk upaya perusahaan dalam menjalin jaringan di kalangan pemain gas global.

 Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan, diterimanya Pertamina bersama Indonesian Gas Society associate member IGU diresmikan dalam ajang council meeting IGU di Berlin, Jerman pada Kamis (16/10/2014).

“Ini merupakan momentum yang sangat baik bagi Pertamina dan juga Indonesian Gas Society untuk mengembangkan network di kalangan pemain gas global," kata Hari di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Menurut Hari, diterimanya Pertamina sebagai associate member IGU  menumbuhkan komitmen perusahaan untuk memegang peranan penting dan berkontribusi nyata dalam membangun infrastruktur dan industri gas di Indonesia.

IGU merupakan organisasi nirlaba yang dibentuk pada 1931 dan telah menghimpun lebih dari 142 anggota, baik asosiasi maupun perusahaan yang bergerak di industri gas dan menguasai sekitar 95 persen pasar gas global.

IGU mendorong perdagangan gas internasional yang menjunjung tinggi kebijakan dan prinsip-prinsip kontrak non diskriminatif, mendorong pengembangan teknologi gas yang memberikan manfaat bagi lingkungan dan meningkatkan keamanan proses produksi, transmisi, distribusi dan utilisasi gas. (Pew/Ndw)

Cerita Aria Bima Diutus Jokowi ke Prabowo

Posted: 16 Oct 2014 09:04 PM PDT

Jelang pelantikannya, presiden terpilih Jokowi menemui Prabowo Subianto. Padahal sebelumnya, hubungan kedua mantan rival di Pilpres 2014 itu sempat menegang.

Sebelum pertemuan 2 tokoh itu berlangsung hari ini, Jokowi mengutus politisi PDIP Aria Bima menemui Prabowo pada Kamis, 16 Oktober 2014. Aria yang membawa pesan Jokowi untuk Ketua Umum Partai Gerindra itu.

Apa yang Aria sampaikan pada Prabowo sehingga mantan Danjen Kopassus itu bersedia bertemu dengan Jokowi?

"Saya langsung (katakan), saya diutus Pak Jokowi," cerita Aria kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (17/10/2014).

"Pak Jokowi menyampaikan, dia ingin sebagai kandidat capres memberikan kesejukan politik pada masyarakat menjelang pelantikan. Keinginan ini yang saya sampaikan pada Pak Prabowo," imbuh dia.

Aria mengatakan, Prabowo rileks dan bersahabat menerima kedatangannya. Tak ada ketegangan di sana. Pasangan Hatta Rajasa pada pilpres lalu itu juga memberikan respons baik atas niat baik Jokowi untuk menemuinya.

"Ini keinginan Pak Prabowo, sebagai orang timur untuk silaturahmi," ujar dia.

Dia menuturkan, tak ada pesan atau permintaan khusus dari Prabowo untuk pertemuannya dengan Jokowi hari ini. "Sekarang ini Pak Jokowi kan presiden, jadi itu merupakan satu hal yang disampaikan Pak Prabowo."

Karena itu, Prabowo lantas menawarkan 2 lokasi untuk menjadi tempat pertemuannya dengan Jokowi. Yakni, di kediamannya di Hambalang dan di rumah mendiang ayahnya, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Kamis malam saya ke Pak Jokowi. Pak Jokowi menyambut baik (tawaran Prabowo)," tandas Aria. Jokowi kemudian memilih Kertanegara sebagai tempat pertemuan. (Yus)

Harapan Evan Dimas Bersama Timnas Senior

Posted: 16 Oct 2014 09:01 PM PDT

Gelandang tim nasional U-19, Evan Dimas mengaku senang dapat bergabung dengan tim nasional senior. Seperti diketahui, Evan dan Maldini Pali dipanggil pelatih timnas senior, Alfred Rield untuk memperkuat tim pada persiapan Piala AFF November mendatang.

"Tentu saya sangat senang dapat bertemu dengan kakak-kakak senior. Ini merupakan kebanggaan tersendiri buat saya.Saya hanya ingin beri yang terbaik, semoga terpilih dan mampu membawa Indonesia juara di ajang itu," katanya.

TC Timnas senior sendiri untuk sementara akan berakhir besok, Sabtu (18/10/2014). Evan pun mengaku akan langsung pulang ke kampung halaman."Latihan sampai sabtu, habis itu saya langsung pulang ke Surabaya," tuturnya.

 "Saya tidak iri dengan teman-teman u-19 yang sudah pulang lebih dulu, karena ini kan panggilan Timnas, demi negara.Sangat senang masuk Timnas senior, suatu kebanggaan bagi saya juga."

Baca juga:

Pedrosa Bicarakan Persaingannya dengan Duo Yamaha

Balotelli: Prandelli Bukan Pria Sejati

10 Target yang Masih Dikejar Lionel Messi

Tidak ada komentar: