Minggu, 26 Oktober 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kabinet Kerja Jokowi Segarkan Rupiah di Awal Pekan

Posted: 26 Oct 2014 09:10 PM PDT

Rasa penasaran para pelaku pasar akhirnya terobati setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla mengumumkan susunan kabinet menteri yang akan mengembang tugas selama lima tahun ke depan. Pengumuman Kabinet Kerja tersebut juga membawa angin segar bagi pergerakan rupiah awal pekan ini.

Data valuta asing (valas) Bloomberg, Senin (27/10/2014), menunjukkan nilai tukar rupiah menguat tipis 0,22 persen ke level 12.042 pada perdagangan pukul 10:02 waktu Jakarta. Sebelumnya rupiah juga dibuka menguat di level 12.048 per dolar AS.

Tak menunjukkan pergerakan signifikan, rupiah masih berfluktuatif menguat di kisaran 12.033 - 12.048 per dolar AS.

Sementara kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI) mencatat nilai tukar rupiah menguat 23 poin saja ke level 12.042 per dolar AS.

Analis Bank Mandiri Renny Eka Putri menjelaskan, penguatan rupiah memang didorong kepastian politik yang berasal dari pengumuman kabinet Jokowi pada Minggu (26/10/2014) kemarin. Meski demikian, dia tidak melihat adanya penguatan signifikan lantaran pasar tidak sepenuhnya puas dengan para menteri di Kabinet Kerja tersebut.

"Memang ada kepastikan politik yang mendorong rupiah. Tapi susunan kabinet tidak sepenuhnya memenuhi ekspektasi pasar karena masih ada orang lama dan sekitar 40 persen didominasi politisi," terangnya saat dihubungi Liputan6.com.

Dia menerangkan, para pelaku pasar juga menemukan jumlah kementerian di kabinet Jokowi masih sama dengan pemerintahan sebelumnya yaitu 34 kementerian. Padahal awalnya sempat santer dikabarkan, Jokowi akan melakukan perampingan kementerian di kabinetnya.

"Ya jumlahnya ternyata tidak dirampingkan. Ada juga beberapa menteri yang dirasa pasar sebagai titipan partai," kata dia.

Dengan kondisi saat inim Renny melihat rupiah tak akan melompat atau merosot terlalu jauh. Dalam sepekan dia memprediksi rupiah akan bergerak di level 11.980 - 12.097 per dolar AS. (Sis/Ndw)

Berdisko dengan The Jaksons di Java Sounds Fair 2014

Posted: 26 Oct 2014 09:10 PM PDT

Suguhan musisi mancanegara yang tak boleh dilewatkan dalam perhelatan Java Sounds Fair 2014 adalah penampilan The Jacksons. Empat saudara kandung Michael Jackson itu menjadi sajian 'pamungkas' Java Sounds Fair di hari ketiga.

Penampilan Jackie, Marlon, Tito dan Jermaine Jackson juga sangat ditunggu oleh para penonton. Hal itu terbukti dengan padatnya arena panggung Plenary Hall Stage, Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (26/10/2014) malam.

Penampilan yang ditunggu pun tiba. Berawal dari video perjalanan panjang The Jacksons, yang semula bernama Jackson 5, diputar di dua layar besar yang menghiasi panggung tersebut. Jermaine Cs langsung memberi kejutan dengan menggeber lagu Can You Feel It.

Bukan The Jacksons namanya kalau hanya tampil menyanyi saat menghibur penonton. Tentu saja, penampilan khas mereka terlihat dengan tata koreografi yang saat ini digunakan oleh Bruno Mars, untuk mengembalikan kenangan terhadap Jackson 5.

Saat melantunkan lagu Blame It On The Boogie, Rock With You, dan I Want You Back, koreografi dan gerakan berdansa khas The Jacksons menjadi tontonan yang paling menghibur. Di usia yang tidak lagi muda, mereka masih sanggup untuk bernyanyi dan berdansa di atas panggung. Sungguh memukau.

90 menit beraksi di atas panggung, The Jacksons memperlihatkan kualitas bermusik lewat hal-hal seru. Tak mau penampilan mereka dianggap monoton, Jermaine Cs rela untuk mengganti baju dan kostum manggung dalam jeda beberapa lagu.

Lagu-lagu lawas yang mereka mainkan bersama mendiang The King Of Pop saat masih tergabung di Jackson 5 seperti Dancing Machine, I'll Be There, Don't Stop Till You Get Enough, dan Heartbreak Hotel, seolah membangkitkan nostalgia masa lalu. Penonton terlihat sangat menikmati hal itu.

Sayangnya, penampilan The Jackson lewat lagu-lagu bernuansa disko itu harus berakhir. Sebelum turun panggung, The Jacksons menghadiahi penonton lewat atraksi mengagumkan di lagu Shake Your Body.(Gie/Mer)

Menteri Baru Jokowi Diminta Dukung Pertumbuhan Industri Roda Dua

Posted: 26 Oct 2014 09:05 PM PDT

Keluarnya nama Saleh Husin sebagai Menteri Perindustrian di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) menimbulkan harapan baru bagi pelaku industri roda dua.

Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) Gunadi Sindhuwinata menyambut baik didapuknya putra rote itu sebagai 'pembatu' Jokowi.

"Yang jelas, pilihan dari Presiden kita dan timnya merupakan yang terbaik," katanya kepada Liputan6.com melalui sambungan telefon.

Lebih lanjut, Gunadi berharap bahwa Saleh Husin beserta rekan-rekannya di Kabinet Kerja Jokowi bisa bekerja secara sinergis. Sehingga, kebijakan yang ditelurkan oleh salah satu instansi bisa benar-benar berjalan optimal.

"Hubungan antara instansi itu perlus diperhatikan. Supaya kebijakan yang diambil dengan institusi lain bertentangan, dan kebijakannya bisa menjadi agenda nasional," imbuh Gunadi.

"Saya harapkan bahwa setiap kebijakan yang keluar bisa disinergikan," lanjut dia.

Gunadi menggarisbawahi, pengembangan industri otomotif sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, ia meminta jangan sampai ada kebijakan yang bisa mengganggu laju dari industri kendaraan.

"Kontribusi terhadap pendapatan negara cukup tinggi. Jangan sampai ada kebijakan yang menghambat pertumbuhannya," tutupnya.

Video Laga Sengit MU Vs Chelsea

Posted: 26 Oct 2014 09:03 PM PDT

Chelsea gagal membawa pulang poin penuh dalam lawatanya ke markas Manchester United, Minggu (26/10/2014). Gol telat Robin van Persie di menit akhir membuat laga di Old Trafford itu berakhir sama kuat 1-1.

Meski gagal menang, Chelsea tetap kokoh di puncak klasemen Liga Premier dengan 23 poin. Adapun MU tertahan di urutan delapan dengan 13 poin.

Dalam laga ini kedua tim sama-sama tidak bisa diperkuat dua penyerang andalannya. MU tanpa Radamel Falcao dan Wayne Rooney. Sedang Chelsea kehilangan Loic Remy dan Diego Costa.

Meski tanpa kehadiran pemain depan terbaiknya, pertemuan Chelsea dengan MU tetap berlangsung seru sejak awal. Kedua tim terlibat jual-beli serangan begitu wasit memulai pertandingan. Peluang emas pertama di laga ini didapat oleh MU pada menit 24.

Lewat serangan balik cepat, Robin van Persie berhasil lolos dari jebakan offside dan berhadapan langsung dengan kiper Thibaut Courtois. Sayangnya Van Persie gagal memanfaatkan peluang ini. Tembakannya dengan baik diblok Courtois.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/756432/original/065812800_1414346803-000_DV1896541.jpg

Dua menit kemudian MU kembali mengancam. Kali ini tendangan bebas Angel Di Maria masih mampu ditepis oleh Courtois.

Memasuki menit 35, Chelsea berharap mendapat hadiah penalti ketika Branislav Ivanovic terjatuh saat berduel dengan Chris Smalling. Namun wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Di Maria kembali menebar ancaman dari eksekusi tendangan bebas. Pada menit 38 sepakan Di Maria mampu diamankan Courtois.

Fans MU dibuat ketar-ketir di menit 40. Tendangan keras Didier Drogba di dalam kotak penalti MU memaksa kiper David De Gea Bekerja keras mengamankan gawangnya. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

MU mengancam gawang Chelsea di awal babak kedua. Tendangan Marouane Fellaini dari luar kotak penalti hanya menyamping tipis di samping gawang Courtois.

De Gea lagi-lagi dipaksa jatuh bangun mengamankan gawangnya. Pada menit 52. De Gea dengan gemilang menggagalkan peluang Eden Hazard yang sudah berhadapan langsung dengannya.

Sayangnya, hadiah tendangan penjuru hasil tepisan De Gea ini mampu dimaksimalkan Chelsea untuk membuka keunggulan. Umpan penjuru Cesc Fabregas ditanduk Drogba ke tiang dekat sehingga mengecoh De Gea.

Chelsea nyaris menambah gol di menit 59. Kali ini tembakan jarak jauh Willian susah payah ditangkap De Gea. Sedangkan penetrasi Ivanovic tak membuahkan hasil karena masih melebar.

http://cdn0-e.production.liputan6.static6.com/medias/756421/original/063125500_1414340638-000_DV1896524.jpg

MU seharusnya bisa menyamakan skor pada menit 79. Van Persie berhasil meloloskan diri dari pertahanan Chelsea. Tapi lagi-lagi Courtois bisa menghadang tembakan RvP. Sementara tembakan mendatar Adnan Januzaj masih melebar.

Petaka menimpa Chelsea di menit ketiga masa injury time. Ivanovic diusir wasit karena kartu kuning kedua akibat melanggar Di Maria.

Keunggulan jumlah pemain bisa dimanfaatkan MU untuk menyamakan skor. Umpan tendangan bebas Di Maria disundul Fellaini. Courtois bisa menepis bola. Namun si kulit bundar jatuh ke kaki Van Persie. Pria Belanda itu langsung menyambar bola guna menyamakan skor.

Lihat videonya di bawah ini:

4 Pesan PBNU untuk Kabinet Kerja Jokowi-JK

Posted: 26 Oct 2014 09:02 PM PDT

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengapresiasi susunan Kabinet Kerja yang diumumkan Presiden Jokowi. Untuk mendukung pemerintahan Jokowi-JK, PBNU memberikan 4 masukan kepada jajaran Kabinet Kerja.
 
"Kami ingin ucapkan selamat. Kami yakin Pak Jokowi dan Pak JK lebih tahu terhadap para pembantunya, karena kabinet ini disusun berdasarkan profesionalitas, integritas, dan kehati-hatian," kata Wakil Sekretaris Jenderal PBNU Muhammad Sulton Fatoni melalui pesan elektroniknya kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (27/10/2014).
 
Sulton menambahkan, masyarakat saat ini menunggu terwujudnya janji-janji yang sudah diucapkan Jokowi dan JK pada masa kampanye pemilihan presiden lalu. "Menjadi tugas kita semua untuk mempercayai mereka, sekaligus menunggu hasil kinerjanya," kata dia.
 
Santri pemegang gelar master of science ini juga mengatakan, PBNU memiliki 4 masukan agar cita-cita mensejahterakan masyarakat Indonesia dapat diwujudkan oleh Jokowi-JK dan seluruh pembantunya. Yaitu kinerja yang berorientasi pada penegakan keadilan, perlindungan warga negara, peningkatan kualitas hidup, dan kemakmuran.
 
"Empat sasaran kerja itu jika dilaksanakan dengan benar, insya Allah akan menyelesaikan 99 persen persoalan bangsa," tegas Sulton.
 
Mengenai komposisi kabinet kerja Jokowi-JK, Sulton berpendapat sudah cukup baik, meski diakuinya juga ada sebagian masyarakat yang masih beranggapan tidak ideal.
 
"Memang sulit mencapai sebuah kata ideal. Untuk itu kami juga memberikan masukan, khususnya di bidang ekonomi, pemerintah perlu menggeser sedikit strateginya, yaitu tidak lagi fokus pada uang yang datang dan pergi melainkan fokuslah pada uang yang diperoleh melalui proses produksi," jelas Sulton.
 
Presiden Jokowi sudah mengumumkan susunan kabinet pada Minggu 26 Oktober sore. Dari 34 nama yang diumumkan, beberapa namanya diketahui merupakan kaader NU, yaitu Imam Nahrawi, Hanif Dhakiri, Marwan Djafar, M Nasir, Lukman Hakim Saifudin, dan Khofifah Indar Parawansa.
 
"Mereka adalah kader-kader NU yang sudah melalui proses panjang di bidangnya masing-masing. Semoga kinerjanya tidak mengecewakan," tandas Sulton.

Catat 4 Makanan yang Bikin Pendek Umur Anda

Posted: 26 Oct 2014 09:01 PM PDT

Semua orang mungkin ingin hidup lebih lama. Tapi sayangnya, keinginan ini tidak dibarengi dengan perubahan pola hidup sehat dan memilih mengonsumsi makanan yang enak dibanding sehat.

Seperti dikutip Health, Sabtu (25/10/2014) University of Utah Health Sciences pernah meneliti kalau beberapa makanan bisa merusak komponen dalam sel Anda atau enzim telomerase. Padahal komponen ini berfungsi melindungi telomer dan mengurangi kerusakan DNA yang diyakini memberi kontribusi pada proses penuaan.

"Telomer yang lebih pendek telah dikaitkan dengan kondisi seperti kanker dan penyakit kardiovaskular. Penelitian juga menunjukkan faktor gaya hidup termasuk pola makan dapat mempercepat proses pemendekan atau penuaan," tulis peneliti.

Peneliti juga mencatat ada 4 makanan yang dianggap bisa memperpendek umur, seperti berikut:

Soda



1. Soda

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Public Health dan melibatkan 5,309 orang dewasa ini menemukan bahwa mengonsumsi soda berarti mempercepat proses penuaan hingga 4,6 tahun.

Laman Times mencatat, penuaan ini juga bisa disandingkan dengan mereka yang suka merokok. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum diet soda setiap hari berisiko 67 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

2. Olahan daging

Apapun bentuknya baik sosis atau bakso, semua olahan daging bisa memperpendek umur. Sebuah studi tahun 2008 yang melibatkan 840 orang dan tercatat di the American Journal of Clinical Nutrition melihat, efek telomer. Para peneliti menemukan, orang yang mengonsumsi seporsi atau daging olahan setiap minggu memiliki telomere lebih pendek daripada mereka yang tidak makan daging olahan.

Daging merah



3. Daging merah

Terlalu banyak mengonsumsi daging merah seperti hamburger dan steak juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kanker sehingga efeknya juga pada telomere. Sebuah penelitian Clinical Nutrition, memberi makan tikus dengan berbagai makanan dari daging sapi atau ayam selama empat minggu. Hasilnya, tikus yang diberikan terlalu banyak daging, telomer lebih pendek.

4. Alkohol

Seperti daging merah, alkohol juga menyebabkan penyakit kronis. Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada American Association 2010 menemukan, alkohol dapat mempercepat pemendekan telomere.

"Mereka yang minum alkohol empat gelas per hari memiliki telomere yang lebih pendek," tulis peneliti.

Imutnya Mocca di Panggung Java Sounds Fair 2014

Posted: 26 Oct 2014 09:00 PM PDT

Hari terakhir Java Sounds Fair 2014 dimeriahkan dengan penampilan Mocca. Grup band asal Bandung ini sukses menyihir ratusan penonton yang memadati Panggung Garuda Indonesia di ruang Cendrawasih Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/10/2014) malam.

Arina Cs langsung tancap gas menghentakkan panggung. Lagu-lagu berirama swing jazz mengalun dengan manis seperti I Love You Anyway, I Would Never, And Rain In Fall, My Only One dan Let Me Go. Penonton, yang berasal dari berbagai usia, juga ikut bernyanyi bersama Mocca.

On The Night Like This dan Secret Admirer menjadi tambahan aksi Mocca. Di dua lagu tersebut, penonton tak lagi ikut bernyanyi. Sebagian besar justru bergoyang dan bertepuk tangan mengikuti alunan lagu yang dimainkan Mocca di atas panggung.

"Yang akan kita mainkan kali ini juga ada single terbaru kita. Lagu ini dibuat untuk memperingati hari jadi kota Bandung, tempat dimana Mocca lahir," tutur Arina, yang langsung menggeber lagu teranyar berjudul Bandung.

Mocca kembali mengajak penonton bernyanyi lewat lagu Do What You Wanna Do, The Object of My Effection, Hyperballad, dan Changing Fate. Vokal dan penampilan Arina yang terkesan imut, membuat suasana di arena konser semakin lekat dengan balutan musik khas band yang sudah 15 tahun berkarier di panggung musik.

Pertunjukan konser Mocca pun mencapai menit terakhir. I Remember, dan Swing It Bob! mengakhiri imut dan menggemaskannya penampilan Mocca di atas panggung. Mocca pun sukses membawa suasana lain dalam hajatan Java Sounds Fair 2014.(Gie/Mer)

Bos PLN Sebut Sosok Rini Soemarno Seperti Dahlan Iskan

Posted: 26 Oct 2014 08:58 PM PDT

Direktur Utama PT PLN (Persero) Nur Pamudji berharap Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dapat bekerja cepat seperti pendahulunya Dahlan Iskan.

Nur mengatakan, Dahlan dan Rini merupakan kedua sosok yang besar dari korporasi, sehingga kemungkinan Rini bisa memiliki metode yang sama dengan Dahlan dalam memimpin kementerian BUMN.

"Beliau besar dan berkarier di lingkungan korporasi swasta. Seperti halnya Pak Dahlan," kata Nur usai melakukan upacara Hari kelistrikan Nasional ke-69 di Kantor Pusat PLN, Jakarta, senin (27/10/2014).

Nur mengungkapkan, sektor BUMN berbeda metodenya dengan instansi lain  yang cendering dengan birokrat. Sedangkan BUMN lebih mengarah pada korporasi.

"Beliau besar dan mengembangkan dirinya di sektor korporasi swasta sehingga BUMN itu tidak seperti birokrat karena cara berpikir dan bertindak birokrat itu berbeda," paparnya.

Berbeda dengan Nur Pamudji, pengamat BUMN yang sekalligus Ketua BUMN Watch, Naldy Nazar mengaku kurang yakin BUMN ke depan akan jauh lebih baik di tangannya.

"Bu Rini itu tidak cocok, meski profesional tapi dia ada kaitannya dengan partai politik. Jadi rawan intervensi," kata dia.

‎Tidak hanya itu, Naldy menilai sosok Rini merupakan sosok lama yang pernah mengisi jabatan sebagai ‎menteri di jajaran kabinet masa Presiden Megawati Soekarno Putri.

"Kata Pak Jokowi ingin mengusung perubahan, Indonesia Baru, tapi ko orang nya orang lama, ya sama saja," tegasnya.

Lalu seperti apa sosok Rini Soemarno? Berikut ulasannya:

Sosok Rini Soemarno

Ketua Tim Transisi Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) Rini Soemarno terpilih menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi.

Wanita bernama lengkap Rini Mariani Soemarno Soewandi ini sebelumnya pernah menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan pada Kabinet Gotong Royong. Rini mengeyam pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi, Wellesly College Massachusetts, Amerika Serikat.

Rini lahir di Maryland, Amerika Serikat, 9 Juni 1958. Dia berasal dari keluarga sederhana. Namun sejak kecil Rini telah terbiasa hidup di luar negeri karena mengikuti sang ayah yang benyak bertugas di luar negeri.

Dalam dunia ekonomi dan bisnis, Rini Soemarno bukanlah nama yang baru. Dia pernah menduduki jabatan penting dalam beberapa perusahaan seperti Komisaris Bursa Efek Jakarta pada 1995, Presiden Komisaris PT Astra Agro Lestari pada 1999, Presiden Direktur PT Astra Internasional untuk periode 1998-2000, Presiden Direktur PT Kanzen Motor Indonesia periode 2001-2005.

Selain itu dia juga pernah menjadi Staf Ahli Departemen Keuangan Republik Indonesia pada 1998 dimana Menteri Keuangan saat itu masih dijabat oleh Fuad Bawazier. Rini pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pemimpin Puncak Terpuji 1995 dari Majalah Swa Sembada pada 1995.

(Pew/Ndw)

POPS : Penampakan Sinkhole Siberia,Akhir dari Segitiga Bermuda

Posted: 26 Oct 2014 08:57 PM PDT

Segitiga Bermuda, sebuah kawasan misterius yang bisa menelan korban jiwa,Jika selama ini Anda masih mencari-cari penjelasannya, mungkin sinkhole siberia merupakan jawaban atas seluruh teka-teki misteri segitiga bermuda.Para ilmuan berkata bawa sebuah sinkhole yang ditemukan di siberia merupakan penyebab dibalik segitiga bermuda.

POPS: Pulau Terkecil Didunia

Posted: 26 Oct 2014 08:53 PM PDT

Bishop Rock pulau terkecil didunia yang hanya memiliki panjang 46 meter, dan lebar nya hanya 16 meter.

Tidak ada komentar: