Minggu, 05 Oktober 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Alat 'Sensitif' Dikerahkan Dalam Pencarian Lanjutan MH370

Posted: 05 Oct 2014 08:33 PM PDT

Tujuh bulan berlalu, namun pesawat Malaysia Airlines MH370 yang dinyatakan hilang kontak saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing itu belum juga ditemukan. Tepat pada bulan ke-7 ini, tim pencari pun melanjutkan upayanya -- menemukan tempat peristirahatan terakhir burung besi itu.

Dilansir dari News.com.au, Senin (8/10/2014), peralatan sangat sensitif yang dapat mendeteksi jejak bahan bakar dalam air dari burung besi nahas itu akan dikerahkan dalam upaya pencarian di Samudera Hindia, demi memecahkan misteri keberadaan Boeing 777-200ER.

Sejauh ini, kapal pencari GO Phoenix telah mencapai titik di 2.400 km barat daya Perth Australia. Yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir pesawat Malaysia Airlines pembawa 239 orang.

Pencarian dengan mengunakan sonar di dasar laut,  pemakaian peralatan yang melekat pada kabel sejauh 10 km-- yang dikenal sebagai 'tow fish' juga akan dilakukan.

Pencarian bawah air itu, dilanjutkan dengan analisis data teknis dan satelit serta pemetaan di lantai Samudra Hindia selatan.

Kepala Biro Keselamatan Transportasi Australia, Komisaris Martin Dolan mengaku puas atas segala upaya yang dilakukan untuk menemukan pesawat MH370 itu.

"Kami telah melakukan segala yang kami bisa dengan analisis, kami punya pemetaan terbaik dari dasar laut dan orang-orang terbaik di dunia untuk melakukan pencarian dengan sonar," beber Dolan.

"Namun kami bekerja dalam kondisi cukup sulit," tambah Dolan.

Dolan menuturkan, peralatan sonar itu akan mengirimkan sinyal soniK sejauh 1,5 km lalu mendapatkan refleksi dari dasar laut dan melihat apakah ada tanda-tanda keberadaan puing-puing pesawat.

"Ada kru khusus untuk melihat ada informasi yang masuk. Data juga akan ditransfer ke darat, di mana akan ditinjau ulang untuk memastikan tidak ada yang terlewatkan," jelas Dolan.

Dalam upaya pencarian terbaru ini, kapal GO Phoenix juga akan bergabung dengan kapal lain, Fugro Discovery -- yang diperkirakan tiba minggu depan. Bahtera itu akan melakukan pencarian di lokasi yang disebut pada busur ketujuh.

Selain itu kapal ketiga, yakni Fugro Equator juga akan dikirimkan ke lokasi pencarian pada akhir bulan. "Masih bisa memakan waktu hingga satu tahun untuk menganalisa di lokasi pencarian," ucap Dolan.

"Jika kita menemukan sesuatu, peralatan yang digunakan pada tow fish bisa mengambil foto dan mendeteksi keberadaan minyak di dalam air. Ada berbagai cara untuk mengkonfirmasikan apakah sesuatu di dalam laut itu tampak seperti lokasi jatuhnya puing-puing pesawat," tutur Dolan.

Dolan mengungkapkan, diperkirakan pesawat MH370 itu kehabisan bahan bakar lalu jatuh ke laut dalam kecepatan tinggi. "Kemungkinannya bisa jadi pesawat itu hancur berkeping-keping. Tapi kami belum banyak mendapat informasi terkait hal itu," ujar dia.

Apa yang sebenarnya terjadi pada MH370 belum dapat dipastikan. Sejumlah teori, spekulasi, berseliweran. Namun, ahli dan tim pencari tak mau menambah kesimpangsiuran informasi, sebelum duduk perkara jelas. Itu dilakukan demi menghormati keluarga mereka yang ikut lenyap bersama pesawat.

Pesawat MH370 dinyatakan hilang kontak saat terbang dari Kuala Lumpur, Malaysia ke Beijing, China pada 8 Maret 2014 dini hari. Ada 239 orang yang berada di dalamnya, yang terdiri dari 227 penumpang dan 12 awak pesawat. (Ein)

Usai Idul Adha, Harga Sayur Masih Stabil

Posted: 05 Oct 2014 08:32 PM PDT

Harga bahan pokok sayur mayur belum mengalami kenaikan di awal pekan ini. Hal itu yang terjadi di pasar Mampang, Jakarta.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Senin (6/10/2014), harga cabai jenis rawit dibanderol Rp 20 ribu per kilo gram (Kg). Lalu cabai keriting Rp 30 ribu per kg, dan cabai ukuran besar Rp 30 ribu per kg. Harga itu tidak mengalami perubahan dari pantauan harga pada akhir pekan lalu.

"Cabai rawit, cabai keriting, dan cabai besar masih stabil," ujar Mujirah (60), salah satu pedagang bahan pokok di pasar Mampang Jakarta.

Mujirah menambahkan, harga bahan pokok lain lain seperti tomat masih dibanderol Rp 10 ribu per kg, bawang merah super Rp 20 ribu per kg, dan bawang putih Rp 16 ribu per kg.

"Tomat masih stabil, bawang merah, bawang putih juga sama," ungkapnya.

Mujirah mengharapkan, kestabilan harga bahan pokok tersebut terus berlangsung agar tidak membuat masyarakat resah jika terjadi lonjakan harga. "Jangan sampai naik, jangan sampai ada kericuhan. Mudah-mudahan tetap stabil," ujar Mujirah.

Sementara itu, harga telur menurun Rp 1.000 per Kg usai Idul Adha. Telur ayam negeri dibanderol Rp 19 ribu per kg dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg. "Harga telur turun baru hari ini," ujar Yono Hadiansyah (35), penjual telur di pasar Mampang.

Namun Yono belum mengetahui kondisi harga tersebut juga dialami oleh telur ayam kampung. Pasalnya, ia baru mendapat pasokan nanti siang. "Telur ayam kampung belum tahu soalnya datangnya nanti siang," ungkap Yono.

Sedangkan untuk telur bebek, harganya masih stabil di kisaran Rp 2.500 per butir. Sebelumnya, Yono mengaku harga telur ayam negeri mengalami kenaikan Rp 1.000 per kilo gram sejak tiga hari yang lalu dari Rp 19 ribu per Kg menjadi Rp 20 ribu. Kenaikan harga tersebut disinyalir terpangaruh sentimen Hari Raya Idul Adha.

 

Berikut pantauan harga pasar Liputan6.com:

Telur                             Rp 19.000 per Kg

Kentang                        Rp 12.000 per Kg

Kol                                Rp 10.000 per Kg

Sawi                              Rp 5.000 per Kg

Wortel Impor                 Rp 13.000 per Kg

Wortel Lokal                  Rp 10.000 per Kg

Cabai Rawit                   Rp 20.000 per Kg

Cabai Keriting                Rp 30.000 per Kg

Bawang Merah Super    Rp 20.000 per Kg

Bawang Putih                Rp 16.000 per Kg

Tomat                             Rp 10.000 per Kg

 

(Pew/Ahm)

BB King Batal Konser Karena Sakit

Posted: 05 Oct 2014 08:30 PM PDT

Legenda musik blues Amerika, BB King, terpaksa membatalkan sisa tur konsernya karena sakit. King dikabarkan menderita kelelahan akut dan dehidrasi. 

Menurut situs resmi legenda berusia 89 tahun tersebut, bbking.com, BB King jatuh sakit saat sedang konser di House of Blues, Chicago, Jumat (3/10) malam pekan lalu.

BB King masih harus menjalani delapan konser lagi sebelum turnya berakhir, termasuk di klub dan restoran miliknya sendiri, B.B. King Blues Club and Grill di New York.

Pemenang 15 Grammy Awards yang telah berkarir selama 65 tahun ini pada April lalu tampil gemetaran dalam sebuah konser di St. Louis, Amerika Serikat, seperti dilansir Chicago Tribune, Minggu, (5/10/2014).

"Gabungan dari demam dan kadar gula tinggi, keadaan medisnya, membuat tuan King tidak dapat tampil dengan standar tinggi seperti biasanya", demikian permintaan maaf pihak King setelah konser yang gagal tersebut.

BB King menderita diabetes selama dua dekade lebih. Cepat sembuh, King! (Ung/Ade)

Roma Anggap Ukuran Kotak Penalti Juventus Stadium Lebih Besar

Posted: 05 Oct 2014 08:21 PM PDT

Pelatih AS Roma Rudi Garcia kecewa timnya harus menelan kekalahan perdana di Serie A musim ini. Garcia menilai timnya tidak pantas kalah ketika berkunjung ke Juventus Stadium di pekan keenam.

Pria Prancis ini menyindir Juventus Stadium memiliki kotak penalti yang lebih besar ketimbang stadion lain di seluruh dunia. Pasalnya Juve berhasil mendapat dua hadiah penalti yang mana pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

"Sayang sekali di sini area kotak penalti 17 meter. Tapi saya senang dengan timku yang telah menunjukkan kepribadian hebat," tutur Garcia seperti diberitakan Goal.

Dalama laga tersebut, wasit Gianluca Rocchi menunjuk titik putih ketika tendangan bebas Andrea Pirlo mengenai tangan Douglas Maicon di tepi kotak penalti. Kemudian Rocchi kembali memberikan penalti kepada Juve saat Paul Pogba dilanggar Miralem Pjanic di pinggir kotak penalti.

Kedua hadiah penalti itu mampu dikonversi menjadi gol oleh penyerang Carlos Tevez. Gol ketiga Juve juga kontroversial karena Leonardo Bonucci mencetak gol saat Arturo Vidal berdiri dalam posisi off-side dan menghalangi pandangan kiper Roma.

Ini Seleb Pria Pertama Korban Skandal Foto Bugil Artis

Posted: 05 Oct 2014 08:15 PM PDT

Ternyata, foto bugil artis Hollywood yang bocor akibat akun iCloud dibajak bukan hanya seleb perempuan. Ada juga seleb pria yang jadi korban. Dilansir TMZ, Minggu (5/10/2014), putra Hulk Hogan, Nick Hogan menjadi seleb pria pertama yang foto-foto bugilnya bocor di dunia maya setelah akun iCloud-nya dibajak.

TMZ menulis, sejumlah foto-foto tak senonoh Nick Hogan, 24 tahun, bocor di Internet. Di antara foto-foto yang bocor, terdapat sejumlah foto saat Nick masih berusia belasan sebagai murid SMA besama sejumlah cewek. Di foto-foto itu menunjukkan "berbagai posisi seksual saat tak berbaju." Banyak juga foto lain saat Nick berpose sendirian dalam keadaan bugil.

Selain Nick Hogan, dalam rangkaian foto yang bocor juga terdapat foto ibunya, Linda Hogan memakai pakaian seksi. Terdapat foto Linda sedang nungging memperlihatkan bokongnya. Ada Juga foto Linda memakai celana dalam.

Kepada TMZ, Nick Hogan mengatakan foto-foto tersebut bukan dari akun iCloud-nya. Dia juga bilang beberapa foto yang diunggah pembocor bersama fotonya bukan miliknya.

Nick Hogan dikenal sebagai bintang reality show. Bersama ayahnya, Hulk Hogan, ia muncul dalam reality show keluarganya berjudul Hogan Knows Best. Program itu berlangsung dari 2006 hingga 2007. (Ade/Mer)

Pengamat: Kredit Macet Bisa Kena Pidana di Kasus Bioremediasi

Posted: 05 Oct 2014 08:14 PM PDT

Putusan Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan tuntutan jaksa terkait kasus korupsi dalam proyek bioremediasi Chevron masih mengundang reaksi pendapat berbagai kalangan.

Pemerhati hukum kontrak PSC, Najib Ali Gisymar menilkai putusan MA di tingkat kasasi untuk Ricksy Prematuri, Direktur PT Green Planet Indonesia (GPI) dan Herland Bin Ompo, Direktur PT Sumi Gita Jaya (SGJ) yang merupakan rekanan Chevron, bakal jadi yurisprudensi baru yang berbahaya.

“Apabila putusan MA ini dibiarkan menjadi yurisprudensi baru maka akan terjadi kekacauan luar biasa dalam penerapan hukum di Indonesia. Siapapun yang melakukan tindakan-tindakan yang meskipun diatur jelas oleh undang-undang tertentu namun jika tindakannya dianggap berpotensi merugikan negara, maka dapat dipidana korupsi, misalnya kredit macet di bank BUMN atau BUMD pun bisa dipidana korupsi. Bahkan orang yang telat bayar tagihan hutang ke bank pemerintah bisa diancam pidana korupsi karena tindakan itu dianggap bisa berpotensi merugikan negara,” jelas Najib di Jakarta, Senin (6/10/2014).

Menurut dia, jika tidak ada upaya hukum lainnya seperti Peninjauan Kembali (PK) maka kasus lain seperti pencurian uang di ATM bank milik pemerintah, pencurian motor, bak sampah milik Pemkot bisa masuk kategori tindak pidana korupsi dan bukan kriminal murni semata.

Dia pun meminta pemerintah dinilai harus turun tangan karena ini bukan sekedar kasus hukum tapi persoalan kepastian dan kejelasan hukum dalam sebuah negara.

Najib menyatakan bahwa kedua kontraktor Chevron ini hanyalah berkontrak secara perdata dengan PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan tidak memiliki hubungan apapun dengan pemerintah.

Dia menilai keduanya tidak bisa dituduh berbuat kriminal apalagi korupsi sementara CPI tidak pernah mengeluh atas kinerja kedua kontraktornya tersebut.

“Urusan kontrak keduanya dengan CPI baik-baik saja, kok malah orang lain yang ribut. Ini tidak sejalan dengan prinsip yang diatur hukum perdata,” tegas Najib.

Menurut Najib dirinya sangat sependapat dengan dissenting opinion Hakim Agung Leopold dalam kasus Ricksy yang menyatakan bahwa telah terjadi lompatan-lompatan logika yang menyimpang dari asas-asas hukum perdata sebagai acuan dalam memeriksa perkara proyek bioremediasi ini.

“Selain itu, sesuai fakta sidang Edison Effendi sebagai ahli pun sangat patut diduga memiliki konflik kepentingan karena dia saksi fakta dan sekaligus saksi ahli, plus pihak yang pernah kalah tender,” lanjutnya.

Pakar hukum lingkungan Linda Yanti Sulistiawati, menilai bahwa UU lingkungan mestinya yang dipakai untuk mendakwa karena subyek yang didakwakan terkait peraturan di bidang lingkungan.

“Dakwaan terhadap keduanya dalam kasus ini terkait izin pengolahan limbah dan teknis pengerjaan bioremediasi serta dipakainya hasil pengujian atas sampel tanah yang dilakukan oleh jaksa yang semuanya terkait dengan peraturan dan undang-undang di bidang lingkungan. Jadi semestinya kasus ini diselesaikan dengan hukum yang diatur dalam UU Lingkungan tersebut,” ujarnya.

Jika sebuah tindakan dianggap melanggar suatu Undang-Undang apalagi yang bersifat khusus seperti UU Lingkungan, maka penegak hukum semestinya secara konsisten menggunakan UU tersebut untuk mengadili perkara yang dimaksud.

Apabila kemudian perkara tersebut memiliki keterkaitan dengan UU lain maka menurut Linda, perlu dipastikan juga apakah UU lain tadi memang menjadi dominan untuk mengadilinya.

“Jika penegak hukum berkesimpulan bahwa proyek bioremediasi tidak perlu dilakukan sehingga dianggap “proyek fiktif” atas dalih telah melanggar Keputusan Menteri Lingkungan Hidup soal teknik bioremediasi dan Peraturan Pemerintah di bidang lingkungan terkait izin pengolahan limbah. Maka mengingat kedua aturan itu berada di wilayah UU Lingkungan maka semestinya UU lingkungan yang dipakai,” tandas dia. (Nrm)

81 Sapi Kurban di Yogya Ditemukan Menderita Cacing Hati

Posted: 05 Oct 2014 08:06 PM PDT

Selama penyembelihan hewan kurban sapi dan kambing di Kota Yogyakarta ditemukan 81 sapi terkena penyakit cacing hati (Fasciola Hepatica). Jumlah sapi yang terkena cacing hati itu hasil pemantauan di lapangan selama 2 hari, Sabtu 4 Oktober dan Minggu 5 Oktober 2014 di seluruh wilayah Yogyakarta.

Kepala Bidang Pertanian Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian (Disperindagkoptan) Kota Yogyakarta Benny Nurhantoro mengatakan, 81 sapi yang terkena penyakit cacing hati itu ditemukan setelah mendata 307 lokasi penyembelihan di kota Yogya.

Namun, disebutkan cacing hati tidak merusak kualitas daging. Karena itu Disperindagkoptan hanya mengamankan organ hati sapi yang terkena cacing hati. "Ya, nggak semuanya, tapi 81 sapi itu sudah terkena cacing hati," ujar Benny, Senin (06/10/2014).

Benny melanjutkan, selama dua hari sejak Sabtu 4 Okober 2014, Disperindagkoptan telah memeriksa 185 lokasi dengan jumlah hewan yang disembelih 1.157 ekor sapi, 1.285 ekor domba dan 445 ekor kambing. Total dalam 2 hari, Disperindagkoptan telah mengawasi 307 lokasi dengan jumlah hewan korban 1.732 ekor sapi, 2.376 ekor domba, dan 527 ekor kambing.

Pemeriksaan akan terus dilakukan hingga Selasa 7 Oktober 2014. Sehingga total target yang akan diperiksa 512 lokasi.

Benny memastikan, seluruh hewan yang akan disembelih sudah melalui pengawasan pemerintah. Pemerintah telah menandai hewan kurban dengan gelang oranye. Sehingga seluruh hewan dapat dimonitor oleh pemerintah.

"Kita kasih tanda sebelum disembelih. Kita lihat mulutnya, fesesnya secara fisik, ketahuan kok itu sehat atau ngga. Kalo cacing hati kan hampir tidak terdeteksi hewan itu kena atau tidak." ujar  dia. (Yus)

Kisah Relawan Tebar Hewan Kurban: Air Mata di Adonara

Posted: 05 Oct 2014 08:05 PM PDT

Hari ini H-1 Idul Adha, aku harus menyelesaikan tugasku sebagai Relawan Quality Control (QC) Tebar Hewan Kurban Dompet Duafa. Ini adalah event besar rutin tiap tahun. Hari itu aku harus memastikan setiap hewan ternak yang dikelola oleh mitra binaan di sini memenuhi syarat kelayakan yang telah ditetapkan.

Desa Adonara, Kecamatan Adonara Kabupaten Flores Timur Provinsi Nusa Tenggara Timur, itulah tujuanku. Sebuah wilayah yang termasuk kawasan Beranda Indonesiaa. Setelah melewati perjalanan yang cukup panjang dengan berbagai jenis transportasi dari Kupang, naik pesawat fokker 50, ojek motor, ojek kapal, dan jalan kaki yang bermedan bebatuan, menerobos hutan hampir 1 jam , sampailah ke tempat pemberdayaan ternak yang dituju. Kawasan Adonara merupakan satu pulau sendiri, terpisah dari pulau Flores. 

Perjalanan ini cukup melelahkan.

Sesampainya di lokasi aktivitas pertama yang harus dikerjakan ialah melakukan pengukuran bobot hewan ternak tahap akhir. Merekap data ketersedian ternak serta menyesuaikan dengan nama data pekurban yang dikirim dari Jakarta, sekaligus melakukan persiapan monitoring pemotongan dan memastikan penerima manfaat untuk esok hari.

Seharian penuh aku melakukan semua aktivitas tadi, Malam hari baru bisa balik dari lokasi peternakan. Saat perjalanan pulang dari peternakan, ditemani dinginnya malam, jalanan yang gelap tanpa lampu, lengkap dengan medan bebatuan yang sulit untuk dilewati, badan yang pegal-pegal karena jalan cukup jauh dan kondisi badan yg tidak tidur semalaman sebelumnya.

Benar-benar aktivitas yang menguras stamina. Namun semua kelelahan itu perlahan sirna, berganti dengan rasa syukur tatkala mendengar takbir nan syahdu berkumandang di daratan Flores, ada sebuah pesan menarik dari  Pak Udin, mitra lokal yang mengantarkan dan menjadi pemandu selama disini

"Mbak, saya ngurus kurban setiap tahun gini tidak dibayar sedikit pun. Saya harus meninggalkan pekerjaan saya untuk memastikan ternak tersedia dan didistribusikan dengan tepat. Alasannya untuk dakwah mbak. Margin yang kami dapat dari pemberdayaan ternak ini pun kami gunakan untuk menambah pembiayaan pondok pesantren di Adonara ini. Untuk beli makan, beli buku, untuk anak-anak santri dhuafa disini, ”ujar pak Udin.

Tidak tersedia ternak di setiap titik

Mendengar penuturan Pak Udin barusan tak kuasa aku menahan air mata ini, meleleh perlahan  membasahi pipi. Ya Rabbi..! sungguh mulia betul perjuangan mereka. Aktivitasku sehari-hari di Jakarta sana serasa belum seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan mereka disini. Seharian tadi aku juga bertemu dengan beberapa warga dan anak-anak asli sini, mereka tampak ceria dengan hadirnya program Tebar Hewan Kurban ini, mitra peternak disini awalnya diberikan ternak untuk dipelihara selama setahun. Kemudian ketika tiba musim Kurban dibeli dan didistribusikan ke wilayah sekitar sini. Keuntungan yang diperoleh oleh itulah yang menambah pergerakan roda ekonomi warga disini.

“Beginilah dakwah di NTT mbak. Tidak mudah, medan sulit dijangkau, ternak tidak tersedia di setiap titik, namun ini merupakan ikhtiar kita bersama untk syiar islam di pedalaman NTT” Ustadz Husein, salah satu pimpinan mitra binaan Dompet Dhuafa memberikan cerita tambahan.

Diantara sayup-sayup suara takbir yang terus bergema dari salah satu masjid, aku kembali merenung. Begitu luar biasanya perjuangan dakwah disini, terbayang kembali wajah para penerima manfaat yang aku temui tadi, terbayang juga para donatur yang telah mempercayakan kepada kami dananya untuk dikelola dalam program pemberdayaan peternak dan  tebar hewan kurban ini.

Keikhlasan dan ketulusan mereka benar benar menjadi suntikan semangat buatku. Lelah yang kurasakan tadi perlahan sirna, berganti tekad kuat. Ya.. esok hari aku harus kembali turun ke lapangan untuk memantau pelaksanaan pemotongan hewan kurban, memastikan distribusi daging kurban ke warga berjalan lancar.

Pak Udin, Ustadz Husein dan sejumlah warga lain disini telah mengajarkanku satu hal tentang makna Idul Adha, bukan sekedar pengorbanan namun juga kesabaran dan tekad kuat untuk terus melakukan dakwah di manapun kita berada.

Akhirnya kuucapkan, Selamat Idul Adha sahabat sekalian, semoga kita semua semakin menjadi pribadi yang taat dan memberikan kebermanfaatan untk sesama. Terima kasih kpd para donatur yang berkurban melalui Dompet Dhuafa

Penulis:

Monica Utari Mariana

Adonara, Kabupaten Flores Timur Oleh

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Top 5 Tekno: Google Indonesia Diusili Hacker Hebohkan Netizen

Posted: 05 Oct 2014 08:05 PM PDT

Hacker tak henti-hentinya beraksi! Kali ini Google Indonesia dilaporkan telah menjadi korban serangan deface oleh hacker. Banyak para netizen yang mengeluhkan tidak bisa mengakses laman pencarian di google.co.id. Berita ini paling banyak mencuri perhatian para netizen, kemarin, Minggu (5/10/2014).

Yang tak kalah menghebohkan netizen adalah kabar mengenai virus bernama BadUSB yang dinyatakan sebagai malware berbahaya. Bahkan, seperti diungkap Karsten Nohl salah seorang peneliti keamanan cyber, serangan yang disebar melalui stik USB tersebut masih belum ada penawarnya. Lebih jelasnya, simak ringkasan berita terpopuler kemarin di bawah ini.

1. Google Indonesia Diusili Hacker?

Google Indonesia disinyalir menjadi korban serangan deface oleh hacker. Pasalnya laman pencarian google.co.id tidak bisa diakses, sehingga keluhan pun mengalir dari para pengguna. Sejumlah pengguna situs microblogging Twitter mengeluhkan tidak bisa mengakses laman pencarian di google.co.id. Selain itu, laman Google yang biasanya berwarna putih, kini berubah hitam dengan keterangan 'Google Indonesia Stamped by Team MadLeeTs.' Screenshot laman google.co.id yang diduga diretas ini bertebaran di Twitter.

2. Google Indonesia atau ISP yang Jadi Korban Hacker?

Situs Google Indonesia yang biasanya didominasi warna putih, menjadi hitam dan disertai kalimat, 'Google Indonesia Stamped by Team Madleets.' Namun sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Google Indonesia. Sementara itu, beredar laporan bahwa hanya pengguna layanan internet Telkom Speedy yang mengalami masalah tersebut dan tidak bisa mengakses google.co.id. Alhasil muncul berbagai perkiraan, apakah Google atau Internet Service Provider (ISP), dalam hal ini Telkom, yang menjadi korban hacker.

3. 10 Hal yang Perlu Diketahui Tentang Jejaring Sosial Ello (2)

Ello adalah sebuah jejaring sosial baru yang dikenal dengan reputasinya sebagai situs anti-Facebook. Sejauh ini popularitasnya kian melonjak, di mana setiap jam menerima sekitar 35 ribu permintaan undangan. Bisa dibilang, Ello adalah perpaduan dari Twitter dan Tumblr. Pengguna dapat mem-posting status, foto, GIF, memberikan komentar di postingan teman mereka, dan juga menggunakan tool pencarian. Lalu, apa yang membuat Ello begitu diganderungi?

4. Awas, Virus 'BadUSB' Masih Belum Bisa Diobati 

Perangkat USB mungkin sudah mulai ditinggalkan oleh para pengguna komputer karena kehadiran layanan komputasi awan. Meski begitu, ada sebuah ancaman baru yang berasal dari pengguna USB dan bisa menyebar melalui perangkat komputer. Ancaman itu bernama BadUSB dan dinyatakan sebagai malware yang berbahaya. Bahkan, seperti diungkap Karsten Nohl salah seorang peneliti keamanan cyber, serangan yang disebar melalui stik USB tersebut masih belum mendapat penawar.

5. Cara Mengantisipasi Serangan Virus BadUSB

Serangan virus BadUSB sedang mendapat perhatian khusus dari berbagai ahli keamanan dunia. Perhatian penuh diberikan karena malware yang dapat dengan mudah menginfeksi perangkat USB itu disebutkan masih belum dapat diobati. Tapi, tenang dulu. Serangan malware yang dapat mengubah perangkat USB jadi perangkat berbahaya itu ternyata masih bisa ditanggulangi asalkan belum terlambat.


Mengapa Hotman Paris Selamat dari Kecelakaan Lamborghini?

Posted: 05 Oct 2014 08:03 PM PDT

Kecelakaan yang melibatkan Lamborghini milik pengacara kondang Hotman Paris dengan mobil boks di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, Jakarta, merenggut satu jiwa. Lantas, mengapa pria kelahiran Sumatera Utara, 20 Oktober  1959 itu selamat dari maut?

Menilik ke dalam Lamborghini Gallardo yang digeber oleh Hotman Paris, mobil mewah itu tak cuma disuntik dengan mesin berpeforma tinggi. Pabrikan asal Italia itu turut membekali mobilnya dengan sederet fitur keamanan, termasuk rem ABS, Sta bility Control, Fron-Impacat Airbags, dan Pretensioners. Kuat dugaan, seluruh fitur itulah yang mampu menyelamatkan Hotman Paris dari kecelakaan maut tersebut.

Adapun, Hotman menjelaskan bahwa saat kecelakaan terjadi, ia tengah dalam perjalanan menuju sebuah tempat untuk berolahraga. Tiba-tiba, ada sebuah mobil boks yang pecah ban dan oleng ke jalur sebelah kanan dan turut menyenggol sebuah bus.

"Hasil investigasi, truk pecah ban, terus terguling ke kanan dan menabrak guard rail (pagar pengaman jalan), diduga ada Damri satu arah yang juga ikut oleng ke kanan karena tersenggol truk. Di lajur paling kanan itu ada mobilnya Hotman Paris," papar Kasatlantas Polres Metro Jakarta Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sudarmanto.

Untuk diketahui, tipe Gallardo LP 560-4 ataupun LP 570-4 Edizione Tecnica yang dimiliki Hotman Paris dipasangi mesin 5.200 cc dengan 10 silinder DOHC 4-valve dengan dukungan transmisi 6-percepatan manual.

Mesin Lamborgni seperti milik Hotman Paris tersebut diklaim sang banteng Italia mampu menyemburkan tenaga 560 HP pada 8.000 rpm. dengan torsi 540 Nm pada 6.500 rpm. (Gst/Gdn)

Tidak ada komentar: