Minggu, 12 Oktober 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kisah Pelanggar Lalu Lintas yang Balik Dikadoi Polisi

Posted: 12 Oct 2014 09:05 PM PDT

Di Amerika Serikat (AS), terdapat aturan tertulis yang mewajibkan anak-anak untuk duduk di kursi khusus saat berada di dalam mobil. Gagal mematuhi, pihak kepolisian tak kenal kompromi untuk menyemprit para pelanggar.

Namun, sebuah kejadian unik justru terjadi di Michigan. Patroli polisi dari wilayah Emmett Township justru bertindak sebaliknya, dengan menghadiahi seorang pelanggar yang kebetulan adalah seorang ibu muda.

Usut punya usut, sang petugas yang bernama Ben Hall tersebut ternyata tak tega menilang pengendara wanita bernama Alexis DeLorenzo tersebut. Saat itu, ia berkendara dengan anaknya yang masih berusia lima tahun.

"Ketika saya berbicara padanya (DeLorezo), ia bukan tak paham jika anaknya harus duduk di kursi khusus. Untungnya, walau mengaku tengah tertimpa kesulitan, dirinya tetap mengakui kesalahannya," kata Hall.

Merasa iba dengan kondisi DeLorenzo, Hall akhirnya urung memberikan surat tilang dan justru meminta sang ibu pergi ke sebuah toko Wallmart.

Di sana, sebagaimana disitat dari Autoevolution, Jumat (10/10/2014), Hall ternyata telah menyiapkan kado istimewa. Ya, dia memberikan sebuah kursi anak yang bakal diberikan ke DeLorenzo.

Kursi anak menjadi salah satu komponen keselamatan penting di AS, pada 2011, sebanyak 650 anak di Amerika Serikat (AS) pada usia di bawah 12 tahun meninggal dan 148 ribu luka-luka karena kecelakaan. Angka tersebut disinyalir berhubungan dengan tak digunakannya kursi khusus anak di dalam kendaraan. 

Satu Cara Efektif Rekatkan Hubungan Orangtua dan Anak

Posted: 12 Oct 2014 09:00 PM PDT

Menurut Director of the Media Psychology Research Center Pamela Rutldedge,Ph.D bercerita merupakan sebuah cara yang mampu melibatkan emosi yang menghubungkan pencerita dengan orang yang diceritakan. Sama halnya dengan cerita bapak-ibu sebelum tidur lewat membacakan atau menceritakan kisah dongeng, ikatan emosi yang kuat akan terjalin diantara keduanya yang menghasilkan pribadi positif pada anak.
 
Emmanuela Mila dari Rumah Dongeng Pelangi Anak pun membenarkan dampak positif saat ia mendongengkan cerita pada anaknya. "Saya dan anak jadi lebih dekat, emosi yang terjalin sangat bagus," terangnya saat peluncuran Barbie's Day Out di Jakarta (9/10/2014). 
 
Selain itu, para ahli menyebutkan bahwa dengan bercerita atau mendongeng kepada anak kemampuan verbal, keinginan membaca, serta daya imajinasi jadi lebih baik. 
 
Hal ini pun dirasakan Mila pada anaknya. "Kosakatanya dia jadi lebih banyak dan jadi suka buku," terangnya.
 
Menurut Mila, tak sulit untuk memulai mendongeng. Siapkan bahan cerita dari buku anak-anak. "Buku-buku anak sekarang sudah bagus, banyak gambar sehingga membantu anak berimajinasi akan cerita tersebut," jelasnya.

Johan Budi Lulus Jadi Deputi Pencegahan KPK

Posted: 12 Oct 2014 08:59 PM PDT

Johan Budi SP tak lagi menjabat sebagai Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Johan lulus seleksi menjadi Deputi Pencegahan KPK.

Johan mengungkap, dirinya telah mengikuti seleksi Deputi Pencegahan KPK sejak 2 bulan lalu. Namun, baru dinyatakan lulus pada pekan lalu.

"Saya memang mengikuti seleksi deputi pencegahan sejak 2 bulan yang lalu dan pekan lalu Pimpinan menyampaikan bahwa saya lulus dan ditunjuk  menjadi Deputi Pencegahan KPK," ujar Johan di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Johan akan dilantik sebagai Deputi Pencegahan KPK pada Jumat 17 Oktober mendatang. "Menurut rencana baru Jumat pekan ini ada pelantikan," kata Johan.

Johan Budi menjadi Deputi Pencegahan KPK menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Iswan Elmi. Untuk posisi Jubir KPK pengganti Johan, sementara ini belum diumumkan.

4.465 Orang Berebut Kursi CPNS di Kementerian ESDM

Posted: 12 Oct 2014 08:55 PM PDT

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menggelar Tes Kemampuan Dasar (TKD) untuk menjaring calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai 20 Oktober-28 Oktober 2014.

Rencananya tes dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) akan diikuti 4.465 pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Para peserta tes akan memperebutkan 800 kursi CPNS di Kementerian ESDM.

Berdasarkan pengumuman Nomor:04.Pm/72/SJP/2014 disebutkan, para peserta tes harus mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian dan Tata Tertib Ujian CPNS 2014 Kementerian ESDM pada menu cetak kartu ujian di website kementerian ESDM sebanyak dua lembar. 

"Kartu ini dibawa pada saat ujian untuk dilakukan pengesahan (distempel) sebelum memasuki ruangan ujian CAT," tulis pengumuman itu.

Bagi peserta ujian yang tidak datang pada waktu ujian yang telah ditentukan pada jadwal sesuai yang tertera pada
Kartu Tanda Peserta Ujian dinyatakan gugur dalam seleksi CPNS Kementerian ESDM tahun 2014.

Menurut rencana, lokasi TKD dengan sistem CAT akan dilakukan di Auditorium Gedung Arsip KESDM Jl. Yaktapena Raya No IA, Pondok Ranji, Tangerang Selatan.

"Keputusan Panitia Penerimaan CPNS Kementerian ESDM bersifat Mutlak dan tidak bisa diganggu gugat," ungkap pengumuman tersebut.

Untuk daftar pelamar yang lolos seleksi administrasi dan bisa mengikuti TKD, cek selengkapnya di sini!(Ndw)

Valdes Jawab Isu Gabung Liverpool

Posted: 12 Oct 2014 08:52 PM PDT

Isu bakal bergabungnya mantan kiper Barcelona Victor Valdes ke Liverpool rupanya tidak benar. Agen Valdes membantah kliennya sudah mendapat tawaran membela The Reds.

Valdes saat ini berstatus bebas transfer. Dia tidak memiliki klub sejak kontraknya habis bersama Barcelona Juni lalu. Valdes belum memiliki klub baru karena masih dalam proses pemulihan pasca cedera lutut yang dialami Maret lalu.

Beberapa hari terakhir muncul kabar Liverpool tertarik menampung Valdes. Liverpool meminta Valdes menjalani trial terlebih dulu selama empat hari untuk membuktikan kondisi fisiknya.

Agen Valdes, Gines Carvaja, mengaku pihaknya belum mendapat tawaran apapun dari Liverpool. Carvaja menegaskan berita Valdes ditawari trial sama sekali tidak benar.

"Liverpool belum menawarkan kami kesempatan berlatih bersama mereka selama empat hari. Dan kami tidak menolak tawaran karena itu palsu," kata Carvaja kepada Sport.

"Proposal itu tidak pernah dibuat oleh Brendan Rodgers atau Liverpool," tegas Carvaja.

Ahok Tak Mau Tinggal di Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta

Posted: 12 Oct 2014 08:49 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok tak mau tinggal di rumah dinas gubernur. Ia lebih memilih tinggal di rumah pribadinya, meski kelak naik jabatan jadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko Widodo (Jokowi).

"Oh kalau saya nggak tinggal di rumah dinas sepertinya," ungkap Ahok di Balaikota, Jakarta, Senin (13/10/2014).

Ahok bahkan meminta agar Jokowi tetap tinggal di rumah dinas gubernur meski sudah dilantik. "Makanya saya minta Pak Jokowi, kalau surat presiden sudah keluar, saya minta Pak Jokowi jangan tinggalin rumah dinas dulu," imbuhnya.

Tak hanya itu, Ahok mengatakan akan membuat ritual khusus mengantar Jokowi ke Istana. Hal itu pun diakui Ahok bisa jadi kesempatan melihat-lihat isi Istana.

"Nanti saya mau bikin acara nganter Pak Jokowi dari rumah dinas di Taman Suropati menuju Istana, sekaligus kita mau lihat istana kayak apa, kan lumayan," tandas Ahok.

Sementara itu, pada Sabtu 11 Oktober 2014, Presiden terpilih Jokowi mulai berkemas segera meninggalkan rumah dinasnya selama menjabat sebagai gubernur di Jalan Taman Suropati No 7, Menteng, Jakarta Pusat.

Beberapa pekerja memindahkan lukisan, suvenir, dan beberapa penghargaan ke sebuah rumah di Jalan Sukabumi. Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) akan dilantik pada 20 Oktober 2014. (Mut)

Hal yang Wajib Dilakukan Laudya Cynthia Bella Tiap Bangun Tidur

Posted: 12 Oct 2014 08:45 PM PDT

Setelah sukses membintangi banyak film layar lebar, Laudya Cynthia Bella diam-diam tertarik bekerja di belakang layar sebagai sutradara. Mantan kekasih Chicco Jericho ini mulai mengumpulkan bahan yang diperlukan untuk keperluan film besutannya itu.

Saking seriusnya menggarap film sendiri, Laudya Cynthia Bella pun punya aktivitas rutin yang dilakukannya setiap bangun tidur. Ia juga lebih sering kumpul dengan kru produksi untuk membahas persoalan yang akan dikerjakan.

"Sekarang setiap pagi, bangun tidur aku selalu sudah tahu apa yang harus dilakukan. Reading dulu, terus siangnya meeting sama produser, ketemu kru-kru. Jadi sekarang ngumpulnya lebih sering sama kru," ungkap Bella baru-baru ini di Jakarta.

Tak sendirian, film bergenre drama romantic comedy ini digarapnya bersama komika Kemal Palevi. Meski memiliki porsi komedi yang sedikit, namun bagi Bella hal itu menjadi bumbu tersendiri di filmnya nanti.

"Filmnya drama romantic comedy. Tapi komedinya sedikit, aku serahkan ke Kemal untuk bikin seperti apa. Biasanya aku ceritakan dulu ke Kemal dia yang ketawa-ketawain, habis itu langsung take. Dilihat anak-anak, malu cuma seru," ceplos bintang film Virgin tersebut.

Menjadi sutradara, kata Laudya Cynthia Bella sepertinya tak semudah berakting di depan film. Apalagi ia dituntut untuk merampungkan banyak skrip yang terpecah menjadi beberapa bagian.

"Skripnya sudah ada, tapi semua masih on progress. Soalnya fokus aku kepecah-pecah karena film dan lain-lain. Ternyata jauh lebih susah dari yang dibayangkan," pungkas Laudya Cynthia Bella. (Ras)

Industri Rokok Berhak Berpromosi, MK: Ini Bukan Barang Ilegal

Posted: 12 Oct 2014 08:40 PM PDT

Mahkamah Konstitusi (MK) ternyata menolak permohonan enam perseorangan warga negara dalam pengujian aturan larangan iklan niaga yang memperagakan wujud rokok dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran (UU Penyiaran).  Putusan tersebut dibacakan Ketua MK, Hamdan Zoelva, pada sidang pengucapan putusan, Kamis 9/10), pekan lalu.

Di mata para hakim MK menyatakan, rokok dan tembakau adalah bukan produk ilegal. Karena itu sah bila produk ini dipromosikan dengan menampilkan wujudnya.

Selain itu, meski rokok dan tembakau mengandung zat adiktif namun berlebihan bila menyandingkan rokok sama dengan narkotika.

Dalam perkara bernomor 71/PUU-XI/2014 ini, para Pemohon tersebut menguji ketentuan dalam Pasal 46 ayat (3) huruf c sepanjang mengenai frasa "yang memperagakan wujud rokok"yang berada dalam norma larangan siaran iklan niaga melakukan "promosi rokok yang memperagakan wujud rokok."

Menanggapi putusan MK, pengamat hukum tata negara Margarito Kamis menilai sebenarnya pertimbangan MK dalam Putusan No.71/PUU-XI/2014 sebagian besar hanya mengutip kembali putusan-putusan terdahulu, yaitu putusan-putusan yang berkaitan dengan judicial review peraturan tentang tembakau dan rokok.  

Kata Margarito, keputusan MK sudah tepat. Inti pertimbangan MK yang paling mendasar adalah sepanjang rokok masih dikategorikan barang legal, dan tidak ada satu pun undang-undang yang melarang untuk diperjual-belikan. Karena itu pula, iklan rokok dan promosi rokok adalah konstitusional.  

Dengan demikian, “Industri rokok berhak mempromosikan produknya, baik dalam bentuk iklan ataupun bentuk lainnya. Dan iklan ini harus dilindungi oleh undang-undang," terang Margarito di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Dalam putusannya yang terdahulu maupun sekarang, MK telah menegaskan, memang rokok dan tembakau mengandung zat adiktif, akan tetapi kandungannya tidak sama bahkan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan narkotika. Dengan demikian, rokok adalah sebagai bahan yang masih dapat dikonsumsi dengan pembatasan-pembatasan yang dilakukan oleh undang-undang.

"Jadi, sebenarnya tidak ada hal baru dalam putusan tersebut, pertimbangan MK lebih banyak mengarah kepada putusan-putusan terdahulu," ucapnya.

Dalam putusan MK yang dibacakan pekan lalu itu, MK kembali mengutip pertimbangan hukum Putusan Nomor 19/PUU-VIII/2010 bertanggal 1 November 2011.

Dalam putusan itu, MK telah berpendapat bahwa dalam mencermati Pasal 46 ayat (3) huruf c UU Penyiaran, termasuk perundang-undangan lainnya, tidak pernah menempatkan rokok sebagai produk yang dilarang untuk dipublikasikan, terlebih lagi tidak ada larangan untuk diperjualbelikan.

Di putusan itu, MK juga menegaskan, tidak pernah menempatkan tembakau dan cengkeh sebagai produk pertanian yang dilarang, sehingga rokok adalah produk yang legal, terbukti dengan dikenakannya cukai terhadap rokok dan tembakau. Pendapat itu juga tercantum dalam Putusan MK Nomor 54/PUU-VI/2008 dan 6/PUU-VII/2009.

Menurut Mahkamah, walaupun rokok mengandung zat adiktif, tetapi tetap merupakan produk legal yang dapat diiklankan dengan syarat-syarat tertentu sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan, sehingga Pasal 46 ayat (3) huruf c sepanjang frasa "yang memperagakan wujud rokok" UU Penyiaran tidak bertentangan dengan Pasal 28D ayat (1) UUD 1945.

Sebelumnya, enam orang warga negara yang diadvokasi oleh Solidaritas Advokat Publik untuk Pengendalian Tembakau (SAPTA INDONESIA) mangajukan pengujian Pasal 46 ayat (3) huruf c.

Para Pemohon mendalilkan, ketentuan tersebut menyebabkan produsen bahan adiktif (termasuk rokok) dengan leluasa dapat mengiklankan dan mempromosikan produknya dengan berbagai macam cara dan metode.

Promosi dan iklan ini mereka tuding sebagai penyebab meningkatnya konsumsi rokok di kalangan masyarakat secara umum, terutama anak-anak dan mahasiswa sebagai calon perokok pemula.(Dny/Nrm)

Top 5 Tekno: Kunjungan Bos Facebook ke Indonesia Bikin Penasaran

Posted: 12 Oct 2014 08:39 PM PDT

Pemberitaan mengenai kedatangan CEO sekaligus pendiri Facebook, Mark Zuckerberg paling bikin penasaran para pembaca. Terlebih pria kelahiran 14 Mei 1984 itu diinformasikan akan menemui presiden terpilih Jokowi di Jakarta. Informasi ini menjadi berita yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com, kemarin, Minggu (12/10/2014).

Berita yang tak kalah menyedot perhatian pembaca adalah perang dingin antara dua raksasa teknologi, Apple dan Microsoft. Keduanya ingin menjadi yang paling berpengaruh di industri teknologi dunia. Apple dinilai mewakili kebebasan dan kedinamisan. Sementara Microsoft memegang teguh tradisi dan menjelma menjadi brand yang tak bisa dipisahkan dari kebutuhan pengguna.

Lebih lengkapnya, simak 5 berita paling banyak mencuri perhatian para pembaca.

1. Mark Zuckerberg Ngebet Bertemu Jokowi?

CEO Facebook Mark Zuckerberg telah tiba di Indonesia Minggu pagi (12/10/2014). Kedatangannya ke Indonesia bertujuan untuk menghadiri kampanye Internet.org Summit pada Senin, 13 Oktober 2014 di Four Season Hotel Jakarta. Setelah acara tersebut ia dikabarkan akan menemui presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi).

2. Mark Zuckerberg Nongkrong di Candi Borobudur

Seperti yang diketahui, CEO Facebook Mark Zuckerberg akan hadir di Jakarta untuk menghadiri kampanye Internet.org pada hari ini, 13 Oktober 2014. Dan dapat dipastikan bahwa Zuckerberg telah tiba di Indonesia akhir pekan ini. Menurut pantauan tim Tekno Liputan6.com, di sela akhir pekannya pria kelahiran 14 Mei 1984 itu mengunjungi salah satu warisan budaya terpopuler di Indonesia yaitu Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

3. Penggemar Apple Benci Samsung, Penggemar Microsoft Anti Nike

Meski tak terlalu bersaing secara langsung di pasaran, namun antara Apple dan Microsoft telah terjadi perang dingin yang cukup lama. Keduanya ingin menjadi yang paling berpengaruh di industri teknologi dunia. Apple dinilai mewakili kebebasan dan kedinamisan. Sementara Microsoft memegang teguh tradisi dan menjelma menjadi brand yang tak bisa dipisahkan dari kebutuhan pengguna.

4. 5 Rahasia Hasilkan Foto Ciamik Saat Liburan

Liburan adalah momen berharga dan layak untuk dikenang selama bertahun-tahun mendatang. Biasanya, banyak orang memilih foto untuk mengabadikan kenangan liburan tersebut. Karena itu, kita pasti ingin memiliki foto-foto yang menarik dan menyimpan banyak kenangan saat berlibur. Jadi sebelum memulai memotret, ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mengabadikan momen liburan Anda. Berikut lima tips untuk mendapatkan foto liburan yang ciamik.

5. Tiba di Indonesia, Mark Zuckerberg Bakal Temui Jokowi?

Pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckerberg dipastikan telah tiba di Indonesia akhir pekan ini. Ia dijadwalkan akan bertandang ke Jakata untuk hadir dalam acara Internet.org Summit dan dikabarkan akan menemui Joko Widodo (Jokowi). "Ya benar, Mark Zuckerberg memang akan datang ke Jakarta dan saat ini beliau sudah tiba di Indonesia," ujar sumber tepercaya yang tak bersedia disebutkan namanya kepada tim Tekno Liputan6.com via telepon, Minggu (12/10/2014).

Rendang Jadi Pilihan Bisnis Meisya Siregar

Posted: 12 Oct 2014 08:35 PM PDT

Sukses menjadi seorang pembawa acara dalam dunia hiburan, kini istri Beby Romeo, Meisya Siregar tengah disibukkan dengan bisnis terbarunya di bidang kuliner. Bisnis yang sudah digelutinya sejak tahun 2013 ini ternyata berawal dari kesukaan dirinya dengan sang suami dengan makanan yang satu ini.

 

"Kebetulan aku dan Beby sama-sama pecinta rendang sejak dulu. Namun, setiap membeli rendang kami sering merasa tak puas mulai dari masalah bumbu hingga dagingnya yang sering alot. Akhirnya aku memutuskan untuk menjalani bisnis rendang saja," tuturnya saat ditemui di Jakarta.

 

Bertajuk 'Rendang Nantulang' Meisya tak pernah menyangka bahwa bisnisnya yang berawal dari iseng-iseng karena hobi mengkonsumsi rendang membuatnya kebanjiran pesanan. Khususnya jika sudah memasuki hari-hari besar seperti lebaran.

 

"Alhamdulillah ternyata banyak yang menyukai rendang buatanku ini. Beberapa konsumen pun sering memberikan respon yang positif," kata perempuan 35 tahun ini.

 

Konsumen pun tentunya memiliki alasan mengapa mereka begitu tertarik dengan rendang andalan milik Meisya Siregar. Selain pemilihan daging yang begitu ibu tiga anak ini perhatikan, Meisya pun memiliki rendang yang berbeda dari yang lainnya.

 

"Untuk daging aku memilih impor. Alasannya karena seperti yang kita ketahui rendang yang enak adalah rendang yang memiliki daging yang lembut dan empuk. Sementara itu, aku juga memberikan rasa pedas dalam berbagai level tentunya harga pun disesuaikan dengan hal tersebut. Satu lagi, yang membuat berbeda karena rendang buatanku hanya dapat bertahan selama satu bulan saja," ujar Meisya. (Cyn/Ars)

Tidak ada komentar: