Kamis, 25 September 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


59 Film Internasional Bakal Diputar di Balinale 2014

Posted: 25 Sep 2014 09:10 PM PDT

Ajang tahunan Bali Internasional Film Festival atau biasa disebut Balinale 2014 kembali digelar. Beda dari tahun sebelumnya, kali ini akan ada 59 film berskala internasional yang bakal memanjakan mata para pecinta film selama satu pekan penuh.

"Tahun ini pesertanya dua kali lipat. Ada 21 film asia yang akan premiere. Kami sangat bangga," kata Deborah Gabinetti, founder Balinale, saat jumpa pers di Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (25/9/2014).

Dari 21 film asia itu, ada beberapa karya anak bangsa yang turut diputar. Di antaranya film 12 Menit Kemenangan, Untuk Selamanya arahan sutradara Hanny R Saputra, Bajaj Bajuri buatan Fajar Nugros dan debut Garuda Superhero.

Hanny bangga filmnya bisa nampang di ajang bergengsi ini. "Sewaktu film ini masuk sebagai seleksi pilihan, sudah sebuah kebanggan karena film kami disejajarkan dengan festival internasional yang berkelas," ujar Hanny.

Selain film Indonesia, Balinale yang dihelat di Beachwall Mall, Pantai Kuta 12-18 Oktober, juga kedatangan beberapa film jawara. Misalnya A Girl At My Door, La Grande Belleza (pemenang Oscar 2014) dan The Book Thief (nominasi BAFTA). (Jul/Ade)

Mercedes-Benz Indonesia Sertifikasi Karoseri Bus

Posted: 25 Sep 2014 09:09 PM PDT

Sebagai wujud dukungannya terhadap pengembangan karoseri sejak 2008, Mercedes-Benz Indonesia membentuk Body Building Advisory.

Tujuan terbentuknya Body Building Advisory sendiri adalah mempertahankan kualitas tinggi dan standar bus yang baik terutama untuk sasis maupun bodi yang terpadu dalam satu unit unggulan, termasuk keselamatan jiwa manusia.

“Mercedes-Benz Indonesia menjamin kualitas tinggi untuk bus yang dibangun oleh Body Builder ini, dan tentu saja kami sangat mengedepankan kepuasan pelanggan,” ujar Dr. Claus Weidner, Presiden dan CEO Mercedes-Benz Indonesia.

Untuk menjamin kualitas bodi buatan karoseri sesuai dengan standar, MBI melalui Body Building Advisory melakukan sertifikasi terhadap karoseri yang membangun bus menggunakan sasis Mercedes Benz.

Program Body Building Advisory diimplementasikan di Indonesia dengan melalui beberapa tahapan persyaratan Quality Gate yang harus dipenuhi, untuk menjamin pembuatan bodi diatas sasis bus Mercedes-Benz tidak mengalami kendala dikemudian hari

"Karoseri yang akan merakit sasis bus Mercedes Benz akan melibatkan MBI untuk pengecekan standarisasi kualitas agar memenuhi point-point sertifikasi," ujar Adri Budiman, Deputy Director Sales Bus & Sprinter (SCV).

Sebagai penghargaan kepada perusahaan karoseri yang telah dinyatakan Green pada Assessment Quality Gate, maka Mercedes-Benz Indonesia memberikan sertifikat untuk masing-masing tipe sasis bus Mercedes-Benz yang dipasarkan di Indonesia.

Pada kesempatan ini, karoseri yang telah dinyatakan Green pada tahapan Assessment Quality Gate untuk masing-masing tipe kendaraan dan mendapatkan sertifikat dari Mercedes-Benz Indonesia yaitu karoseri Rahayu Santosa untuk tipe OH 1626L,kKaroseri Nusantara Gemilang untuk tipe OH 1526, karoseri Laksana untuk tipe OH 1626L dan O500R 1836, serta karoseri Adiputro unuk tipe OC500RF 2542

Untuk karoseri yang belum mendapat sertifikasi biasanya mengajukan diri ke pihak MBI dan pihak MBI kemudian melakukan asistensi langsung ke karoseri tersebut agar dapat disertifikasi. Pengguna sasis pun tentunya juga mendapat edukasi agar pesanan khusus saat membangun sasis masih sesuai standar MBI.

“Melalui Body Building Advisory dan penyerahan sertifikat ini, diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas tinggi, keamanan dan keselamatan terhadap bus yang menggunakan sasis Mercedes-Benz serta mempererat hubungan Mercedes-Benz Indonesia dengan perusahaan karoseri di Indonesia,” tutup Dr. Weidner. (Ysp/Des)

RUU Keperawatan Disahkan, Ini Untungnya Jadi Suster

Posted: 25 Sep 2014 09:01 PM PDT

Ketidakjelasan pembahasan RUU Keperawatan yang selama ini menggantungi para perawat akhirnya berbuah manis. RUU Keperawatan secara resmi disahkan DPR pada Kamis 25 September 2014. Dengan begitu, maka ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh seorang suster atau perawat.

Sebelumnya, data dari Kementerian Kesehatan hingga tahun 2014 mencatat, ada sekitar satu juta perawat di seluruh Indonesia, angka tersebut adalah angka terbesar dari seluruh jenis tenaga kesehatan yang ada. Jumlahnya yang besar ini ternyata tidak dibarengi adanya peraturan yang jelas dalam melindungi hak dan kewajiban perawat.

Sebelum ada RUU Keperawatan, tidak ada yang mengatur masalah Keperawatan secara komprehensif yang dapat memberikan perlindungan dan kepastian hukum baik bagi perawat maupun bagi pasien.

Untuk membahas lebih lanjut, Liputan6.com mencoba menelaah keuntungan para perawat dari isi RUU Keperawatan sebagai berikut seperti ditulis Jumat (26/9/2014):

1. Latar belakang perawat jadi lebih jelas dan terstruktur

Dalam RUU Keperawatan diatur mengenai pendidikan perawat, semisal perawat terdiri dari perawat vokasional dan perawat profesional.

Perawat vokasional adalah seseorang yang telah lulus pendidikan Diploma III Keperawatan dan Sekolah Perawat Kesehatan yang terakreditasi dan diakui oleh pejabat yang berwenang. Sedangkan Perawat profesional adalah seseorang yang lulus dari pendidikan tinggi keperawatan dan terakreditasi, terdiri dari ners generalis, ners spesialis dan ners konsultan.

2. Kepastian dan perlindungan hukum untuk perawat

Pada pasal 3 disebutkan, RUU Keperawatan bertujuan untuk memberikan perlindungan dan kepastian hukum kepada penerima dan pemberi jasa pelayanan keperawatan. Termasuk dalam memberikan tindakan keperawatan langsung, pendidikan, nasehat, konseling, dalam rangka penyelesaian masalah kesehatan.

3. Pembentukan Konsil Keperawatan

Seperti dokter yang memiliki Konsil Kedokteran, dengan adanya RUU Keperawatan ini, perawat memiliki Badan pengatur dan pengawas dalam menjalankan tugas keperawatannya.

Seperti dijelaskan dalam pasal 9, tugas Konsil Keperawatan termasuk menyetujui dan menolak permohonan registrasi perawat, mengesahkan standar kompetensi perawat yang dibuat oleh organisasi profesi
keperawatan dan asosiasi institusi pendidikan keperawatan, menetapkan ada tidaknya kesalahan yang dilakukan perawat, menetapkan sanksi terhadap kesalahan praktik yang dilakukan perawat dan menetapkan penyelenggaraan program pendidikan keperawatan. Setiap perawat yang akan melakukan praktik keperawatan di Indonesia juga harus memiliki Surat Tanda Registrasi Perawat (STRP)

5. Kejelasan Praktik

Dalam RUU Keperawatan, setiap perawat juga diijinkan melakukan praktik keperawatan mandiri di Indonesia dengan syarat yang ditentukan oleh Konsil Keperawatan.

6. Kejelasan hukum bagi suster asing

Tak hanya mengatur perawat dalam negeri, RUU Keperawatan ini juga mengatur perawat asing yang akan melaksanakan praktik keperawatan.

7. Kejelasan layanan pada pasien

Tak hanya memberikan kejelasan hukum, para perawat Indonesia juga dengan jelas memiliki hak dan kewajiban layanan terhadap pasien seperti tertulis dalam pasal 43 dan 44.

Berburu Produk Investasi di Indonesia Financial Expo & Forum 2014

Posted: 25 Sep 2014 09:00 PM PDT

Pameran produk investasi bertajuk Indonesia Financial Expo & Forum (IFEF) kembali digelar untuk keempat kalinya. Event ini merupakan ajang pameran dan edukasi produk investasi yang berlangsung di Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 26-28 September 2014.

Dari tahun ke tahun, seiring pertumbuhan ekonomi dan peningkatan tingkat melek finansial masyarakat, jumlah pengunjung IFEF terus bertambah.

Tahun 2011, IFEF memikat sekitar 9 ribu pengunjung. Setahun kemudian, tahun 2012, pengunjung IFEF meningkat menjadi sekitar 12 ribu orang, dan menjadi 15 ribu orang pada perhelatan tahun 2013 yang digelar di Surabaya dan Jakarta. Melihat tren tersebut, IFEF 2014 akan mampu menjaring total sekitar 20 ribu pengunjung.

Pada tahun ini, IFEF mengangkat tema 'Rencanakan, Investasikan, Nikmati Hasilnya'. Sejalan dengan tema tersebut, IFEF menyediakan solusi menyeluruh bagi masyarakat untuk merancang dan mewujudkan investasi sejak dini demi mencapai tujuan-tujuan finansial mereka di masa mendatang.

IFEF 2014 menyajikan wahana promosi dan edukasi bagi seluruh perusahaan penyedia produk finansial dan jasa keuangan.

Acara ini menggabungkan konsep pameran, konsultasi, talkshow, serta workshop finansial dan investasi dalam satu rangkaian acara besar.

Dalam ajang ini juga disediakan layanan pemeriksaan kondisi keuangan (financial diagnosis) dan konsultasi perencanaan keuangan (financial clinic) kepada para pengunjung. Sejumlah firma perencana keuangan (financial planner) turut mendukung  financial clinic ini.

Selanjutnya, para pengunjung bisa membekali diri dengan mengikuti berbagai talkshow keuangan dan investasi yang digelar di panggung terbuka (open stage) maupun kelas-kelas khusus.

Sedangkan talkshow dan workshop menarik dalam IFEF 2014 ini akan mengangkat tema antara lain Tepat Mudah Perncanaan Pensiun, Persiapan Keuangan Untuk Pendidikan Anak, Basic Financial Planning For Employee, Strategi Financing Bisnis & Investasi ala Income Pentagon, serta beragam edukasi bermanfaat lainnya.

Para pengunjung juga bisa langsung mencari produk-produk finansial dan investasi, termasuk emas, di berbagai gerai (booth) perusahaan yang menjadi peserta pameran IFEF 2014.

Peserta pameran ini mencakup perusahaan penyelenggara bursa, bank, perusahaan sekuritas, pialang bursa berjangka, manajer investasi, firma perencanaan keuangan, perusahaan asuransi, perusahaan-perusahaan lain penyedia jasa pendukung industri keuangan dan pasar modal, serta perusahaan properti.

Beberapa perusahaan yang turut serta dalam pameran investasi ini antara lain Mandiri, PT Aneka Tambang Tbk, Panin Asset Management, Phillip Securities Indonesia, Samuel Asset Management, Askap Futures, Monex Investindo Futures, Commonwealth Bank, dan lain-lain. (Dny/Nrm)

Trailer ke-3 Jupiter Ascending Pamerkan Efek Visual Baru

Posted: 25 Sep 2014 09:00 PM PDT

Trailer ketiga film Jupiter Ascending yang diperankan oleh Mila Kunis dan Channing Tatum baru saja diunggah melalui YouTube. Di situ hadir juga Sean Bean yang memberikan dialog terbarunya sebagai sosok bernama Stinger.

"Kau sudah diajarkan bahwa tempat kelahiran umat manusia adalah Bumi. Tapi bukan itu," ujar Sean Bean dalam dialog tersebut.



Dilansir dari Ace Showbiz, Jumat (26/9/2014), trailer yang diunggah pada Kamis (25/9/2014) lalu itu, turut menampilkan beberapa adegan terbaru yang melibatkan visual efek canggih dari karakter protagonis pria bernama Caine yang dimainkan Channing Tatum.

Peran Mila Kunis sebagai Jupiter Jones, diperlihatkan lebih detail dengan menampilkan beberapa adegan serta dialog yang membeberkan alasan karakternya itu diburu oleh orang-orang yang berada di bawah perintah penguasa jagat raya.



Sosok penguasa antagonis bernama Balem The King itu, dimainkan oleh Eddie Redmayne yang diperlihatkan cukup banyak di trailer terbaru ini. Bahkan, terdapat juga makhluk serupa kadal yang diperintahkan untuk membunuh Jupiter namun selalu digagalkan oleh Caine.

"Aku akan memanen planet itu besok sebelum aku membiarkannya mengambilnya dariku," cetus karakter milik Eddie Redmayne itu.



Beberapa adegan romantis antara Caine dan Jupiter juga turut ditampilkan di dalam trailer ini. Bahkan terdapat juga sebuah adegan yang memperlihatkan leher Caine dijerat oleh manusia kadal suruhan Balem The King.

Lana dan Andy Wachowski yang pernah menjadi sutradara The Matrix, mengarahkan proyek film ini sembari menulis naskah serta memproduserinya. Beberapa kali diundur, kini jadwal tayang pasti Jupiter Ascending bakal dirilis pada 6 Februari 2015.

Cegah Anak Tak Merokok, Dimulai dari Rumah

Posted: 25 Sep 2014 09:00 PM PDT

Sebelum orangtua melarang anak untuk jangan merokok, orangtua harus terlebih dulu memberikan contoh dengan tidak merokok di depan anak-anaknya, terlebih di dalam rumah.

"Orangtua harus membuat rumah itu kawasan tanpa rokok. Jadi, siapa pun yang merokok, baik ayah, ibu, om, tante, dan tamu, tidak boleh merokok di dalam rumah itu," kata Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr. Nafsiah Mboi, Sp. A saat berbincang dengan Health-Liputan6.com di Cilandak Town Square, Jakarta, ditulis Kamis (25/9/2014)

Menjadikan rumah sebagai kawasan tanpa rokok, lanjut Menkes, turut membantu para orangtua menanamkan perilaku hidup sehat kepada anak-anaknya. "Secara otomatis, asap rokok pun tidak masuk ke dalam rumah," kata Menkes.

Selanjutnya, jika di dalam keluarga sendiri ada yang merokok, cobalah semampunya untuk tidak merokok lagi. Bagaimana pun, anak adalah pecontoh ulung yang akan meniru segala perilaku yang dilihatnya secara langsung.

"Anak itu kan belajar dari apa yang dia lihat. Kalau yang dia lihat adalah panutannya, maka tidak menutup kemungkinan dia akan mencontohnya," kata Menkes.

Selain itu, dengan orangtua tidak merokok, orangtua pun dapat melarang anak-anaknya, bahkan memarahinya. Tapi, bila orangtua merokok, akan percuma bila dia melarang anaknya untuk tidak merokok.

"Dia sendiri melakukannya, tapi dia melarang. Dia itu panutan, dia sendiri yang harus berhenti terlebih dulu," kata Menkes.

Jokowi: RUU Pilkada Ambil Hak Politik Rakyat

Posted: 25 Sep 2014 08:57 PM PDT

Sidang Paripurna pengesahan RUU Pilkada berakhir dengan ditolaknya pemilihan kepada daerah secara langsung. Presiden terpilih Jokowi pun mengungkapkan kekecewannya.

Ia menilai, keputusan DPR telah merebut hak politik rakyat yang telah berdaulat karena dapat memilih langsung para pemimpinnya. "Ya masyarakat jadi bisa lihat secara langsung, kalau keputusan tersebut telah mengambil hak politik rakyat," ujar Jokowi di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Jumat (26/9/2014).

Terkait apakah dirinya akan menindaklanjuti keputusan tersebut dengan melakukan gugatan ke MK, Jokowi enggan menjawabnya. Jokowi justru kembali menegaskan kalau penghapusan Pilkada langsung telah mencabut hak politik rakyat.

"Kalau keputusan tersebut telah mengambil hak politik rakyat, itu saja jawabannya," tegas Jokowi.

Dengan keputusan tersebut, DPRD lah yang nantinya memilih kepala daerah. Bukan lagi rakyat, seperti yang sudah berlangsung selama era reformasi ini.

Pemungutan suara menghasilkan jarak suara yang sangat jauh, yaitu 135 suara yang memilih pilkada langsung dan 226 suara untuk yang memilih pilkada melalui DPRD dari 361 anggota DPR yang bertahan hingga dini hari mengikuti rapat paripurna.

Suara untuk pilihan RUU Pilkada yang memuat opsi pilkada langsung disumbangkan oleh Partai Golkar (11 suara), PDIP (88 suara), PKB (20 suara), Hanura (10), dan Demokrat (6 suara).

Sedangkan suara yang menginginkan RUU Pilkada memuat opsi pilkada melalui DPRD disumbangkan oleh Partai Golkar (73 suara), PKS (55 suara), PAN (44 suara), PPP (32 suara), dan Gerindra (22 suara).

Top 5 Tekno: Foto Bugil Politisi Nyebar - Petisi Kiamat Internet

Posted: 25 Sep 2014 08:50 PM PDT

Kasus pencurian foto bugil artis oleh hacker masih menarik perhatian publik. Tak hanya artis, seorang politisi wanita cantik juga menjadi korban pencurian foto bugil. Namun anehnya ia bangga fotonya beredar. Berita ini menjadi terfavorit kemarin, Kamis (26/9/2014).

Kabar lainnya datang dari para pegiat internet di Indonesia. Mereka membuat petisi online untuk mencegah terjadinya kiamat internet. Kisah sukses Jack Ma, pendiri Alibaba, juga menarik perhatian. Berikut ringkasan top 5 berita Tekno kemarin.

1. Politisi Cantik Ini Bangga Foto Bugilnya Beredar di Internet

Seorang politisi asal Ukraina dikritik setelah foto bugil miliknya beredar di internet. Foto-foto kontroversial itu menuai kritikan pedas dari warga Ukraina. Namun wanita bernama Olga Lyulchak itu malah bangga dan menilai bahwa foto bugil dirinya merupakan karya seni nan indah dan hal itu biasa-biasa saja. Lyulchak dikenal sebagai politisi dari partai politik Ukrainian Democratic Alliance for Reform (UDAR). Bocornya foto bugil Olga Lyulchak merupakan serangkai dari pencurian akun iCloud oleh kelompok hacker yang juga mencuri foto bugil artis papan atas Hollywood.

2. FBI Kewalahan Ungkap Hacker Pencuri Foto Bugil Artis

Federal Bureau of Investigation (FBI) masih menemui jalan buntu dalam menemukan hacker yang bertanggung jawab atas pencurian dan penyebaran foto bugil ratusan artis papan atas Hollywood. Pengguna anonim situs forum 4chan yang diyakini sebagai hacker pencuri foto bugil artis meninggalkan sebuah pesan baru, yang pada intinya mengejek usaha penyelidikan FBI. Hacker memang menyebarkan foto bugil ratusan artis melalui thread-thread yang mereka buat di forum 4chan dan AnonIB. Namun mereka membuka thread itu hanya untuk waktu sebentar. Sebelum thread tersebut diidentifikasi FBI, para hacker sudah lebih dulu menghapusnya.

3. Mahasiswa Tewas Diterkam Harimau Ramai di YouTube

Seorang mahasiwa tewas diterkam harimau putih di kandang kebun binatang. Detik-detik kejadian nahas ini pun terekam kamera dan kemudian di-upload ke situs berbagi video YouTube. Seorang pria tampak meringkuk di dinding kandang dan kemudian dihampiri oleh harimau. Saksi mata itu mengatakan, pria itu terjebak di rahang harimau selama 10 sampai 15 menit sebelum polisi datang ke tempat kejadian. Tapi akhirnya, ia tidak bisa diselamatkan.

4. Ikuti Petisi Online Ini Jika Tak Ingin Kiamat Internet

Petisi online bertajuk "Berikan Kepastian Hukum kepada ISP & Bebaskan Indar Atmanto" digelar di situs Change.org. Petisi ini dibuat sebagai bentuk dukungan untuk membebaskan Indar Atmanto, mantan Direktur Utama Indosat Mega Media (IM2) yang ditahan terkait kasus pemanfaatan jaringan operator untuk menggelar layanan 3G. Padahal pola bisnis yang dilakukan IM2 tidak salah. IM2 hanya menyewa bandwidth secara legal ke Indosat. Selain itu, petisi ini dibuat untuk meminta kepastian hukum kepada pemerintah terkait praktik penyewaan bandwidth ke operator seluler lain. Jika tidak dipenuhi, ISP tidak akan beroperasi. Itu artinya internet di Indonesia akan mati total.

5. Kisah Pendiri Alibaba, Dari Guru Miskin Kini Miliarder

Berkat kerja kerasnya, pendiri perusahaan e-commerce Alibaba Group --Jack Ma-- kini menjelma jadi orang terkaya di China dan orang kedua terkaya di Asia menurut Bloomberg Billionaires Index. Namun siapa sangka, ia dulu hanyalah seorang guru miskin di China dengan gaji hanya sekitar US$ 12 - US$ 15 per bulan. Waktu kecil ia menawarkan diri menjadi pemandu turis, gratis, hanya untuk berlatih Bahasa Inggris. Dia sengaja gowes naik sepeda selama 40 menit setiap hari ke sebuah hotel di dekat distrik West Lake Hangzhou agar bisa bertemu turis asing. Pasca melantai di bursa saham, perusahaan Alibaba kini bernilai lebih dari US$ 231 miliar. Pada usia 50 tahun, Jack Ma memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 26,5 miliar. 

BPS: Sangat Ekstrem Bila Harga BBM Naik Rp 4.000

Posted: 25 Sep 2014 08:48 PM PDT

Usulan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) agar pemerintahan baru menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sebesar Rp 4.000 per liter dianggap terlalu ekstrem.

Pasalnya dampak yang akan ditimbulkan cukup besar mulai dari menggerus daya beli masyarakat hingga kenaikan tarif angkutan umum.

"Kalau naiknya Rp 4.000 per liter, dampaknya akan sangat ekstrem. Biasanya bagi pengguna rumah tangga serta sektor lain yang sehari-hari mengandalkan bahan bakar untuk aktivitasnya," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suryamin usai Upacara Peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) di kantornya, Jakarta, Jumat (26/9/2014).

Namun dia mengaku belum menghitung besaran tambahan inflasi jika kenaikan harga BBM subsidi seperti usulan BPH Migas.

"Kalau kenaikannya Rp 1.000, Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per liter kami sudah itung dampak inflasinya, tapi belum bisa kami rilis," ucap Suryamin.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Sasmito Hadi Wibowo memperkirakan, tambahan inflasi dari kenaikan harga BBM subsidi Rp 4.000 per liter sebesar lebih dari dua persen.

Prediksi itu apabila penyesuaian harga BBM dilakukan pada awal bulan November 2014 dan akan berbeda bila direalisasikan pada tengah bulan.

"Dampak langsung tambahan inflasi minimum lebih dari dua persen, sedangkan tidak langsungnya dua sampai empat persen. Jadi nggak sampai dobel digit, walaupun hampir nyaris juga," terang dia.

Dijelaskan Sasmito, kenaikan harga BBM akan mengerek peningkatan tarif angkutan umum dalam kota maupun luar kota sehingga akan menyumbang inflasi. Pembentukan inflasi, sambungnya juga berasal dari kelompok makanan jadi.

"Tergantung solar atau premium yang akan naik Rp 4.000 per liter. Dari BBM, 96 persen pembentukan inflasi dari premium, sementara solar hanya empat persen. Tapi saya yakin dalam kenaikan harga BBM, pemerintah sekarang atau yang akan datang akan memperhitungkan semuanya," ujarnya.

Inflasi akibat kenaikan harga BBM, tambah dia, akan terasa pada kenaikan harga jual kebutuhan pokok dan tarif angkutan sampai tiga bulan sampai setahun secara bertahap. (Fik/Nrm)

Mesin Parkir Pra-Bayar Mulai Dipasang

Posted: 25 Sep 2014 08:48 PM PDT

Dalam sistem parkir baru ini, pengguna jasa parkir harus membayar lebih dulu dan merencanakan berapa jam akan parkir. 

Tidak ada komentar: