Rabu, 24 September 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dolar Terus Menguat, Rupiah Tak Mau Kalah

Posted: 24 Sep 2014 09:08 PM PDT

Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) tercatat mengalami penguatan tertinggi dalam empat tahun terakhir setelah data penjualan rumah baru menunjukkan peningkatan pesat melampaui prediksi para analis. Meski begitu, nilai tukar rupiah justru tercatat menguat tipis pada perdagangan hari ini mengingat para pelaku pasar masih menanti rilis data ekonomi AS berikutnya.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia (BI), Kamis (25/9/2014) menunjukkan nilai tukar rupiah menguat 29 poin ke level 11.947 per dolar AS. Nilai tukar rupiah tercatat terus berfluktuasi sejak awal pekan.

Sementara data valuta asing (valas) Bloomberg, menunjukkan nilai tukar rupiah menguat sangat tipis 0,05 persen ke level 11.948 pada perdagangan pukul 10.05 waktu Jakarta. Padahal rupiah sempat dibuka melemah di level 11.960 per dolar AS.

Rupiah masih tampak bergerak menguat meski tak signifikan dan berkutat di kisaran 11.940 - 11.965 per dolar AS.

Data yang dirilis pemerintah AS menunjukkan penjualan rumah baru di sana meningkat 18 persen menjadi 504 ribu unit. Angka tersebut menunjukkan laju pertumbuhan pembelian rumah terbanyak sejak Mei 2008.

"Meski begitu, rupiah menguat bersama dengan mata uang lain di Asia. Para pelaku pasar masih menunggu data klaim pengangguran AS dan pemesanan barang yang diprediksi memburuk," ungkap ekonom PT Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta.

Pengamat valuta asing PT Bank Mandiri Tbk, Renny Eka Putri mengatakan, selama beberapa pekan, nilai tukar rupiah akan lebih dipengaruhi faktor eksternal seperti putusan rapat The Fed dan rilis data ekonomi beberapa negara termasuk AS. (Sis/Nw)

Kita Adalah Korban Asap Racun Rokok

Posted: 24 Sep 2014 09:03 PM PDT

Dalam upaya memberikan edukasi tentang bahaya asap rokok kepada masyarakat, terlebih kamu muda, Komisi Nasional Pengendalian Tembakau (Komnas PT) dan AMKRI (Aliansi Masyarakat Korban Rokok Indonesia) meluncurkan buku berjudul `Kita Adalah Korban`.

Buku yang diluncurkan di Bandung dengan dihadari Walikota Bandung, Ridwan Kamil, merupakan bentuk wajah di balik angka statistik yang ada dari suara korban akibat rokok yang telah merenggut hak sehatnya karena adiksi nikotin.

"Buku ini merupakan jembatan dari suara korban yang selama ini tidak terdengar, karena kondisi pasien yang bahkan sulit untuk meninggalkan bangsal rumah sakit, atau korban yang telah terenggut hak hidupnya karena bahaya rokok. Buku ini dibuat untuk memberikan pemahaman yang berbeda kepada masyarakat tentang bahaya rokok melalui cerita," menurut keterangan pers yang diterima Health-Liputan6.com pada Rabu (24/9/2014)

Selain diluncurkankan buku `Kita Adalah Korban` diadakan pula deklarasi Bandung Juara Tanpa Asap Rokok, serta talk show yang dihadiri oleh Ketua Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Asrorun Niam, serta salah satu tokoh pemberi testimoni dalam buku, Adrie Soebono.

Ini Arti Nama Anak Marcell Siahaan

Posted: 24 Sep 2014 09:00 PM PDT

Marcell Siahaan sumringah atas kelahiran anak ketiganya, Seth Ananda Siahaan. Ada yang menarik pada nama terakhir yang disebutkan di atas. Marcell mengaku sengaja memilih nama Seth yang merupakan salah satu nabi (Syith dalam Islam).

"Nama anak ini Seth Ananda Siahaan. Seth adalah tokoh nabi di Islam sufi. Dia seorang nabi yang juga penemu salat tahajud untuk menghidupkan salat malam. Dia itu nenek moyang Nabi Nuh," ungkap Marcell Siahaan di Rumah Sakit (RS) Brawijaya, Jakarta Selatan, Rabu (24/9/2014).

"Kalau nama Ananda saya suka nama itu karena terinspirasi dari teman dan namanya juga menyenangkan. Nama Siahaan diambil dari keluarga," sambungnya.

Uniknya, nama itu telah dipersiapkan oleh Marcell Siahaan dan istri, Rima Melati Adams sejak Seth masih dalam kandungan. Yakin jika anaknya berjenis kelamin laki-laki, pelantun Semusim ini pun bergegas mencari nama.

"Kami sepakat berdua cari namanya. Karena kebetulan kami sudah tahu bakal cowok dari sejak hamil kami sudah pilih nama, dan kita sudah tentukan Seth yang baik ini," terang Marcell Siahaan.

Dengan nama tersebut, Marcell pun berharap putranya kelak mampu mengikuti kebaikan-kebaikan dari Nabi Seth. "Karena laki-laki, supaya jadi orang yang menginspirasi untuk belajar tahajud dan berdoa malam. Supaya jadi pemimpin, makanya kami pilih nama yang benar, nama kan doa," pungkas Marcell Siahaan.(Ras/Mer)

Tolak Iklan Sisipan, idEA dan IDA Harapkan Regulasi Baru

Posted: 24 Sep 2014 08:51 PM PDT

Praktik penyisipan iklan yang dilakukan PT Telkomsel dan PT XL Axiata kepada pelanggan layanan data terus mendapat penolakan. Asosiasi e-Commerce Indonesia (idEA) dan Asosiasi Digital Indonesia (IDA) mengaku telah melaporkan keberatannya kepada pemerintah.

Hal itu diungkap oleh Daniel Tumiwa, Ketua Umum idEA. Pria yang menjabat sebagai salah satu petinggi Garuda Indonesia itu menyatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah memberikan sinyal positif terkait keberatan mereka atas intrusive ads (iklan mengganggu) yang dilakukan Telkomsel dan XL.

"Kita sudah melakukan komunikasi dengan para pemangku kebijakan seperti Kominfo, BRTI bahkan KPPU (Komisi Pengawas Persaingan Usaha) untuk membicarakan masalah intrusive ads oleh dua operator itu. Belum ada sikap resmi dari pemerintah, tapi tanggapan yang kita terima cukup positif," papar Daniel di Hotel Grand Kemang Jakarta.

Daniel menjelaskan pihaknya berharap akan ada langkah lanjutan yang diberikan oleh pemerintah. "Mereka kan bisa menjadi mediator atas keberatan yang kita sampaikan atas intrusive ads yang ditampilkan setiap pelanggan akses situs lewat layanan internet," imbuhnya.

Lebih lanjut, Daniel mengungkapkan kekecewaannya atas sikap diam yang dilakukan oleh operator pelaku penyisipan iklan. Ia juga mengaku kecewa karena Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) sebagai wadah operator tak juga mengambil sikap meskipun sudah dikirimi surat.

"Kita sudah kasih surat ke operator terkait atau asosiasinya tapi mereka diam saja dan seakan buang badan kalau diajak bicara. Padahal, kalau ketemu kan kita bisa atur sendiri aturannya secara self regulated. Tapi kalau belum ada tanggapan dari operatornya sendiri ataupun asosiasinya berarti kan sebaiknya dibuat secara aturan baru yang mengikat saja biar lebih kuat," jelas Daniel.

Selain idEA dan IDA terdapat 4 asosiasi lain yang menolak praktik iklan sisipan oleh dua operator besar telekomunikasi tersebut. Asosiasi lainnya tersebut ialah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia), AAPAM (Association of Asia Pasific Advertising Media) dan P3I (Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia). 

12 Tahun Dinanti, Holding BUMN Perkebunan Akhirnya Dirikan

Posted: 24 Sep 2014 08:50 PM PDT

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan bakal meresmikan pendirian holding perusahaan perkebunan di Surabaya, Jawa Timur pada 2 Oktober 2014. 

Tanggal itu dipilih dikarenakan pada tanggal 1 Oktober Dahlan meminta untuk neraca pembukaan keuangan perusahaan sudah selesai‎ disusun, setelah digabungkan dari PT Perekbunan Nusantara I-XIV.

"Nanti sekalian rapat pimpinan (rapim) di Surabaya karena selama ini belum pernah rapim di sana, padahal banyak BUMN di daerah timur," kata Dahlan di kantornya, Kamis (25/9/2014).

Untuk sementara, holding perkebunan yang akan diinduki oleh PTPN III ini hanya bermodal dari gabungan seluruh modal PTPN I-XIV dan dipastikan Dahlan tidak mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN).

Dengan disatukannya seluruh PTPN tersebut, Dahlan meyakini tanpa PMN perusahaan akan lebih kuat dalam melakukan aksi korporasi. Meski secara pambukuan perusaan juga mewarisi utang-utang yang ditanggung beberapa PTPN.

"‎Kemudian nanti sebulan lagi, tiga bulan lagi dan enam bulan lagi nama PTPN III diganti menjadi apakah PT Perkebunan Indonesia atau apa. Soalnya PP-nya masih PTPN III," tegas mantan Direktur Utama PLN itu.

Holding perusahaan pelat merah di sektor perkebunan ini terwujud setelah kurang lebih selama 12 tahun Kementerian BUMN terus berupaya memprosesnya. Lamanya pembentukan holding ini dikarenakan terkendala di regulasi yang harus melewati banyaknya perizinan sebelum akhirnya dikeluarkannya PP mengenai pendirian holding  tersebut. (Yas/Ndw)

Suami Jadi Sutradara, Rheina Ipeh Sering Kena Omel

Posted: 24 Sep 2014 08:45 PM PDT

Rheina Ipeh kembali berkolaborasi dengan sang suami, Findo Purwono, lewat film layar lebar bertajuk Gue Bukan Poconggg. Di film horor-komedian itu, Rheina memainkan sebuah karakter sementara Findo duduk di kursi sutradara.

Ada rasa berbeda ketika bermain bareng suami. Apalagi, akting Rheina Ipeh diarahkan langsung oleh Findo. Bukannya senang, Rheina mengaku sering kena omel. Nah lho.

"(Kerja sama suami) nggak enak. Aku pasti jadi sasaran tembaknya dia. Kalau dia kesal sama kru, larinya ke aku. Kalau sama orang lain kan bisa profesional ya antara pemain dan sutradara," ceplos Rheina Ipeh di sela syukuran film tersebut di kawasan Kramat, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2014).

Diomeli di lokasi syuting dan di depan pemain lain, tentu saja Rheina Ipeh mengaku kesal. Namun, ia mencoba mengerti perasaan dan kondisi sang suami.

"Awal-awal aku sebal diomelin terus. Tapi sekarang sudah nggak kok, sudah ngerti," tutup Rheina Ipeh.

Selain Rheina Ipeh, beberapa nama lain turut meramaikan film ini. Diantaranya Chika Jessica, Hardy Fadillah, Nicky Tirta serta anak dari Adi Bing Slamet, Adzana. Findo Purwono berjanji, meski bergenre horor, takkan ada unsur seksi di film ini.(Jul/Mer)

Tutup Latihan Bela Negara, Menhan Siapkan Pasukan Cadangan

Posted: 24 Sep 2014 08:44 PM PDT

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menutup serangkaian latihan bagi para siswa Bela Negara dari PNS Kementerian Pertahanan. Para siswa mendapatkan baret dan brevet khusus dari Menteri Pertahanan.

"Pemberian pembaretan dan brevet ini bahwa mereka telah mendapat pendidikan dasar. Dan tadi kita saksikan semua kemampuannya," kata Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di lapangan silang Monas, Kamis (25/9/2014).

Purnomo menjelaskan, Bela Negara ini merupakan implikasi dari UU No 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara dan UUD 1945 Pasal 30 yang menyebutkan setiap warga negara berhak dan wajib dalam usaha bela negara.

"UU Komponen Cadangan memang belum disahkan. Karena itu, kita mulai saja karena memang tugas dan fungsi Kementerian Pertahanan untuk Bela Negara," ungkap Purnomo.

1.457 PNS ini sudah mengikuti pendidikan di dasar Bela Negara selama 1 bulan di Rindam Jaya, Gunung Bunder, dan Komples Pusdiklat Bela Negara Kemenhan, Cibodas, Rumpin, Bogor.

"Kita bekali dengan nation and character building, pertahanan militer dan nonmiliter. Jadi mereka ini sudah siap membantu dalam operasi militer perang dan operasi militer nonperang. Seperti penanggulangan bencana," ujar Dia.

Purnomo berharap, Kemenhan menjadi contoh bagi kementerian lainnya untuk ikut membina seluruh PNS-nya ke dalam program Bela Negara. Dan program ini dapat dilanjutkan oleh pemerintahan baru nanti.

"Siapa pun menterinya dan bisa diikuti semua kementerian. Ini menjadi dasar peningkatan profesionalitas mereka, latihan fiisk, disiplin, semangat kerja lebih baik," tutup Purnomo.

Pembaretan dan penyematan brevet ini juga diisi dengan berbagai atraksi yang ditunjukan para peserta bela negara. Mereka memulai atraksi dengan menaklukan ular berbisa sebagai simulasi pertahanan diri di hutan.

Acara dilanjutkan dengan bongkar pasang senjara berbagai jenis dengan mata tertutup. Lalu, para peserta bela negara menunjukan keahliannya dalam melewati halang rintang. Terakhir ada devile dari 4 batalyon Bela Negara.

Detik-detik Pria Mabuk Tewas Dibunuh Harimau

Posted: 24 Sep 2014 08:43 PM PDT

Hari Ini, Debenhams Berikan Diskon Besar-besaran!

Posted: 24 Sep 2014 08:43 PM PDT

Bagi Anda para penggila belanja, jangan lewatkan promo diskon yang satu ini. Seakan ingin terus memanjakan para konsumen setianya, DEBENHAMS kembali mengadakan Mid Season Sale yang dimulai pada hari ini Kamis, 25 September 2014. Tunggu apa lagi, jangan lewatkan kesempatan emas ini!

Diskon 50 Persen

DEBENHAMS kembali memberikan diskon besar-besaran kepada para pelanggan setianya. Tak tanggung-tanggung, kali ini DEBENHAMS memberikan diskon sampai dengan 50 persen. Dan tak perlu khawatir, karena diskon besar ini dapat Anda nikmati disemua gerai DEBENHAMS.

Diskon untuk Pengguna Media Sosial

Selain itu, bagi Anda pengguna media sosial Twitter dan Instagram jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan diskon tambahan. Debenhams mengadakan #followfriday yaitu dimana para pelanggan yang mem-follow twitter (@DebenhamsIND) atau Instagram (@debenhamsind) dan memberikan likes FB fanpage Debenhams Indonesia akan mendapatkan diskon tambahan sebesar 20 persen untuk produk dengan harga normal dan sale. Dan diskon ini hanya berlaku untuk produk eksklusif dari DEBENHAMS.

Senayan City Infinite Cards

Sementara itu, dihari yang sama Debenhams yang bekerjasama dengan Senayan City Infinite Cards akan memberikan promo #thursdaytreat yaitu dimana para pengguna Infinite Cards Senayan City dapat langsung menikmati tambahan diskon sebesar 20 persen, khusus untuk Debenhams Exclusive Brands. Syarat dan ketentuan berlaku untuk promo ini. (Cyn/Ars)

 

Ronaldo Cuek dengan Komentar Mourinho

Posted: 24 Sep 2014 08:41 PM PDT

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo tidak mau memikirkan pernyataan manajer Chelsea Jose Mourinho. CR7 memilih fokus meraih prestasi demi prestasi bersama Los Blancos.

Belum lama ini Mourinho mengungkapkan kabar mengejutkan. Pria Portugal itu mengaku sudah putus hubungan dengan Ronaldo sejak meninggalkan Madrid dan melatih Chelsea musim panas lalu.

Pernyataan Mourinho itu sekaligus menepis kemungkinan Chelsea merekrut Ronaldo. Sebelumnya Mourinho sempat disebut menginginkan Ronaldo ikut pindah ke Stamford Bridge.

Ronaldo tidak terganggu dengan pernyataan Mourinho itu. Ronaldo cuek saja menanggapi ucapan Mourinho. Dia hanya ingin berpikir mengenai Madrid.

"Mourinho? Apa yang dia katakan tidak penting. Saya hanya berpikir mengenai Madrid. Saya ingin membantu mereka, hal lainnya saya tidak peduli," tutur Ronaldo seperti diberitakan Marca.

Tidak ada komentar: