Senin, 15 September 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ngidam Bugatti Veyron? Ini Solusi Murahnya

Posted: 15 Sep 2014 09:05 PM PDT

Seperti diketahui, hypercar kasta atas semacam Bugatti Veyron bak impian bagi sebagian orang. Harga yang setinggi selangit secara logika membuat BugattiVeyron hanya dapat dimiliki oleh kalangan berkocek ekstra tebal.

Namun, meskipun demikian, 'hambatan' ini bukan berarti tanpa solusi. Bermodal kreativitas, sebuah Pontiac GTO lansiran 2004 di Amerika Serikat (AS) sukses dirombak menjadi sebuah Bugatti Veyron, seperti dikutip dari Motorauthority, Selasa (9/9/2014).

Tiruan Veyron ini merupakan hasil kreativitas seorang modifikator mobil asal Florida. Ia membangun sebuah bodi utuh berbentuk Bugatti Veyron dan memanfaatkan sasis dari mesin Pontiac GTO untuk rangka dan penggeraknya.

Tentunya, Pontiac ini tak dibiarkan begitu saja dalam kondisi standar. Untuk memberi efek sebuah mobil balap, modifikator ini mengaplikasikan knalpot kustom, headblok aftermarket serta fiter udara performa tinggi dari K & N.

Tak hanya sektor dapur pacu, tampilan serta kaki-kaki Pontiac GTO ini pun dirombak total ala hypercar Prancis tersebut. Upgrade dilakukan pada suspensi serta velg berukuran 20-inci. Dari segi tampilan, karya modifikator ini dinilai sangat mirip dengan Bugatti Veyron asli, walau berdimensi lebih kompak.

Uniknya, modifikator ini turut menjual hasil kreasinya di lapak jual-beli online eBay bagi para penggemar otomotif yang ingin memilikinya. Ia hanya meminta mahar sebesar US$ 115 ribu atau sekitar Rp 1,35 miliar (kurs Rp 11.732 per US$) untuk replika Bugatti Veyron yang ia ciptakan. 

Tentunya, angka ini jauh lebih hemat dibanding jika harus menebus sebuah Bugatti Veyron asli yang dimahari kurang lebih Rp 13,8 miliar.

Modern Internasional Bakal Produksi Jus

Posted: 15 Sep 2014 09:02 PM PDT

PT Modern Internasional Tbk (MDRN) melakukan ekspansi bisnis dengan menjalin kerja sama dengan Welch Food Incorporated. Dalam kerja sama ini, perusahaan yang juga mengelola 7 Eleven tersebut mendapat lisensi dari Welch Food Incorporated untuk memproduksi, mengemas mendistribusikan dan menjual produk minuman jus dengan merek Welch's di Indonesia.

"Dengan kerja sama ini, produk minuman jus Welch's akan lebih mudah didapatkan di Indonesia," kata Direktur Modern Internasional, Henry Honoris, di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Henry melanjutkan, dengan kerja sama tersebut, Modern Internasional bisa ikut dalam persaingan bisnis makanan dan minuman. Wajar saja Modern Internasional tertarik masuk ke bisnis air minum dalam kemasan. Pasalnya, rata-rata pertumbuhan bisnis tersebut di kisaran 10 persen setiap tahunnya.

Selain itu, menurut Henry, kerjasama antara MDRN dengan Welch Food Incorporated tersebut dapat mengurangi impor minuman dalam kemasandan membuat produk-produk tersebut lebih terjangkau di masyarakat.

"Produksi lokal yang akan dilakukan ini sesuai dengan program pemerintah untuk meningkatkan produksi dalam negeri dan mengurangi impor termasuk ada penciptaan lapangan pekerjaan baru. Selain itu dengan produksi lokal harga jual pun akan lebih terjangkau," tuturnya.

Untuk diketahui Welchs adalah minuman jus anggur yang telah diproduksi sejak 140 tahun yang lalu. Welchs merupakan produk minuman jus buah dalam botol dengan menggunakan concord grapes.

Modern Internasional merupakan perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Hingga kuartal I 2014, perusahaan tersebut membukukan laba bersih Rp 17,97 miliar, meningkat 6,90 persen dibandingkan laba bersih pada kuartal I 2013 yang tercatat Rp 16,81 miliar. (Amd/Gdn)


*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Jamur Cordyceps, Mengatasi Gangguan Napas Hingga Impotensi

Posted: 15 Sep 2014 09:00 PM PDT

China sangat dikenal dengan pengobatan herbalnya. Berbagai jenis pengobatan lahir di sana. Salah satu tumbuhan yang bermanfaat untuk pengobatan itu adalah cordyceps. Cordyceps (juga disebut dengan Cordyceps sinensis) merupakan jamur yang tumbuh liar di daerah Barat Daya Cina.

Dalam bahasa China, tumbuhan tersebut dinamakan Dong Chong Yia Cao atau winter warm summer grass, yang berarti herbal musim dingin dengan kehangatan musim panas. Cordyceps merupakan herbal yang sering digunakan pada pengobatan Cina. Tumbuhan tersebut umumnya ditemukan pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut di Cina, Tibet, dan Nepal. Namun, cordyceps liar yang berasal dari Tibet yang disebut-sebut sebagai tumbuhan terbaik.

Mengandung nukleotida

Mengandung Nukleotida

Secara umum, jamur yang diambil dan dimanfaatkan biasanya dikumpulkan dari jamur liar. Beberapa literatur menunjukkan bahwa cordyceps liar sangat kaya akan beberapa komponen penting. Namun, kandungan aktif tersebut justru berbeda pada cordyceps yang telah dibudidayakan. Karena itu, cordyceps dibiarkan tumbuh secara liar dan tidak dibudidayakan seperti jamur atau tanaman obat lainnya. Karena liar dan jumlah yang sangat jarang serta sulit ditemukan membuat harganya menjadi sangat mahal. Bayangkan saja, untuk setiap 100 gramnya, harga yang harus dibayarkan bisa mencapai 1.000 dolar AS atau sekitar delapan juta rupiah! Meski begitu, tumbuhan ini tetap saja dicari.

Khasiat cordyceps sebenarnya sudah diketahui sejak ratusan tahun lampau. Sekitar 1500 tahun lalu, di padang rumput Pegunungan Himalaya, Tibet, seorang gembala memperhatikan perubahan yang terjadi pada ternaknya. Domba dan sapi yang digembalakannya bertambah kuat dan sehat setelah memakan sejenis "rumput". Ternyata, tumbuhan yang diduga "rumput" itu hanyalah parasit yang merupakan badan dari jamur tersebut. Dari sinilah tumbuhan yang lantas dikenal dengan nama Cordyceps sinensis ini menjadi tumbuhan berkhasiat sebagai tanaman obat.

Dari berbagai literatur diketahui bahwa cordyceps mengandung hampir semua jenis nukleotida. Nukleotida sendiri merupakan senyawa ribosa atau deoksiribosa dengan basa nitrogen adenin, guanin, sitosin, timin, atau urasil, yang digunakan dalam regenerasi atau perbaikan gen. Dan ini sangat berperan penting dalam metabolisme adenosin tripospate (ATP) dan juga energi.

Untuk impotensi

Untuk Impotensi

Cordyceps semakin dikenal karena efek afrodisiak yang ditimbulkannya. Penelitian yang dilakukan di Beijing Medical University di China dan Jepang memperlihatkan hasil yang menggembirakan. Setidaknya sekitar 64 persen pria yang mengalami impotensi berhasil mengatasi masalah seksualnya tersebut setelah diberi cordyceps. Uji klinis lain yang dilakukan Hunan Medical University menunjukkan bahwa cordyceps sangat luar biasa efektif dalam rileksasi otot halus pada penis. Akibatnya, aliran darah lebih mudah masuk dan membuat pria mampu berereksi selama beberapa waktu.

Selain itu, kandungan yang terdapat pada cordyceps juga berguna sebagai obat penguat, sehingga dapat meningkatkan energi dan vitalitas tubuh. Itu sebabnya, cordyceps juga berguna bagi orang yang mengalami kelelahan. Dengan cordyceps, stamina tubuh akan kembali seperti sedia kala. Kemudian, cordyceps juga diyakini dapat melancarkan aliran darah serta menurunkan kolesterol. Sebuah studi yang melibatkan sembilan rumah sakit dengan 273 pasien setidaknya membuktikan hal tersebut. Setiap hari, selama dua bulan, setiap pasien diberikan 3 gram cordyceps (setara dengan empat kapsul cordyceps).

Hasilnya, kadar kolesterol dan trigliserida pasien turun hingga 17 dan 9 persen, sedangkan kolesterol baik HDL (high density lipoprotein) meningkat hingga 27 persen. Hasil lain yang juga dibuktikan oleh laboratorium adalah bahwa penggunaan suplemen cordyceps selama tujuh hari berturut-turut hingga 80 gram nyatanya tidak memberikan efek negatif pada tubuh. Secara umum, cordyceps merupakan tonik yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memperbaiki fungsi organ tubuh. Dua organ yang kerap disebut adalah paru-paru dan ginjal. Karena itu, cordyceps sering dilambangkan dengan emas dan air. Emas merupakan lambang dari paru-paru, sedangkan air melambangkan ginjal.

Masalah pernapasan

Masalah pernapasan

Sifat cordyceps yang hangat, tapi tidak memberi efek panas, kerap digunakan untuk pengobatan terhadap sistem saluran pernapasan. Cordyceps juga bertindak sebagai penguat paru-paru. Ia dapat meningkatkan kekuatan pernapasan terutama pada mereka yang membutuhkan tenaga ekstra saat melakukan olahraga fisik. Selain itu, hal ini juga berguna bagi orang-orang yang mengalami defisiensi daya paru-paru.

Masalah lain yang berhubungan dengan saluran pernapasan seperti peradangan bronkus, perawatan bronkitis kronis, pneumonia, TB, atau melebarnya gelembung paru juga dapat diatasi dengan cordyceps. Penelitian lain menunjukkan bahwa cordyceps dapat memperbaiki penampilan dan kapabilitas pembentukan otot walaupun tidak mengandung steroid.

Lalu, jamur ini juga bermanfaat terhadap sistem vaskuler terutama dengan memperbaiki sistem sirkulasi, membantu menstabilkan tekanan darah, serta menguatkan otot jantung. Sifat lain yang juga terdapat pada cordyceps adalah adanya antipenuaan serta sebagai antioksidan. Hal ini juga yang membuatnya menjadi herbal yang setara atau bahkan lebih dibandingkan dengan dengan herbal Cina lainnya seperti ginseng ataupun reishi.

Vino G. Bastian Kewalahan Jalani Profesi di Belakang Layar

Posted: 15 Sep 2014 09:00 PM PDT

Aktor Vino G. Bastian mendapat pengalaman baru saat duduk sebagai Asociate Producer di film Tabula Rasa. Karena bertugas di belakang layar, secara otomatis Vino pun mempelajari proses penggarapan sebuah film dari sisi bisnis dan marketing.

Tapi, peran baru yang dijalani suami aktris dan model Marsha Timothy tersebut rupanya sama sekali tak mudah. Vino bahkan mengaku kewalahan menjalankan peran barunya itu.

"Pusing, kan kita harus melakukan apa yang ditugasin produser. Ternyata lebih capek ya di belakang layar," curhat Vino saat ditemui di XXI Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (15/9/2014) malam.

Vino G Bastian

Bintang film Serigala Terakhir menyadari jika membuat sebuah film juga membutuhkan strategi marketing dan modal yang cukup besar. Karena itu, ia pun merasa mendapat tantangan baru kala dibebani tugas dan tanggung jawab tersebut.

"Memang semuanya nggak dari saya, saya tugas mencari investor dan semua ditangani sama Lala (produser). Kalau modal itu kan dibutuhkan untuk bikin sesuatu film yang beda, itu yang dipikirin ketimbang jualannya," papar bapak satu anak itu.

Vino G. Bastian Berharap Festival Film Diadakan Di Kota Lain

Meski melelahkan dan banyak menyita waktunya, Vino tetap puas pada pengalaman yang didapatnya saat duduk di belakang layar.

"Memang cukup menyita waktu, setiap hari ada aja urusannya. Karena mau masuk ya nyemplung, jangan setengah-setengah. Akhirnya ya dapat semua, capeknya, pusingnya, senangnya," tutup Vino G Bastian. (Gie/Fir)

5 Fitur iPhone 6 yang Contek Android

Posted: 15 Sep 2014 08:56 PM PDT

iPhone 6 akan menjadi perangkat Apple pertama yang dibekali sistem operasi anyar iOS 8. Dengan sistem operasi iOS 8, iPhone 6 diklaim akan memiliki segudang fitur baru yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Namun sayang, bila kita perhatikan lebih lanjut, apa yang disebut fitur 'baru' di sistem operasi iOS 8 ternyata sudah lama tersedia di perangkat-perangkat berbasis Android.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah 6 fitur baru iPhone 6 yang sudah lebih dulu tersedia di perangkat Android.

Apple Spotlight Search

1. Apple Spotlight Search

Apple Spotlight Search berfungsi sebagai mesin pencari file yang ada di media penyimpanan perangkat, kini juga terintegrasi dengan internet. Artinya, Apple Spotlight Search kini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pencarian internet.

Namun fitur ini serupa dan telah lebih dulu hadir di fitur pencarian perangkat Android. Dengan dukungan mesin pencari Google Search, hasil fitur pencarian di Android bahkan telah diakui performanya.

QuickType

2. QuickType

Keyboard iPhone 6 telah dibekali fitur QuickType. Fitur ini dapat memprediksi kata apa yang akan Anda ketik berikutnya. Ponsel Android, bahkan BlackBerry sudah menerapkan ini sejak lama.

Selain itu, baru pada iOS 8 Apple menggunakan aplikasi keyboard pihak ketiga, Swiftkey. Sementara Android sudah memanfaatkannya sejak dulu.

Hey, Siri

3. 'Hey, Siri'

Pada iPhone 6 yang telah berjalan di atas platform iOS 8, pengguna bisa mengaktifkan fitur Siri dengan navigasi suara, 'Hey Siri'. Fitur ini inovatif namun telat. Fitur Google Now di Android sedah lebih dulu dapat di navigasi hanya dengan mengucapkan 'Ok, Google'.

iCloud

4. iCloud

Semua foto yang ada pada iPhone 6 akan tersinkroniasasi secara otomatis ke layanan berbasis awan iCloud. Hal ini juga sudah bisa dilakukan di perangkat Android berkat integrasi dengan aplikasi Google+. Dan tidak seperti iCloud, Google tidak membatasi kapasitas penyimpanan, alias bebas sebesar apapun file yang ingin disimpan oleh pengguna.

Apple AppStore

5. Apple AppStore

Apple AppStore di sistem operasi iOS 8 memungkinkan pengguna untuk memutar video demo aplikasi sebelum Anda mengunduhnya. Google Play Store untuk perangkat Android sudah menyediakan fasilitas ini cukup lama.

Gerrard Cemburu kepada MU dan Chelsea

Posted: 15 Sep 2014 08:50 PM PDT

Setelah lima tahun absen, Liverpool akhirnya kembali berkompetisi di Liga Champions Eropa. Kapten Liverpool Steven Gerrard mengatakan ia cemburu melihat Manchester United dan Chelsea bersaing di Liga Champions selama timnya tidak bermain di kompetisi elit tersebut.

"Ada rasa cemburu dan iri kami tidak terlibat (di Liga Champions)," kata Gerrard yang memenangkan trofi Liga Champions bersama Liverpool pada 2005 seperti dilansir BBC, Senin (15/9/2014).

http://cdn0-e.production.liputan6.com/medias/711830/big/SL-carragher0_2474_2477373b.jpg

Chelsea telah memenangkan trofi Liga Champions 2011-12 dan Manchester United menjadi runner-up 2010-11 sejak Liverpool terakhir kali tampil pada 2009. "Menonton tim-tim seperti Chelsea dan Manchester United di Liga Champions ketika kami mengakhiri kompetisi di luar empat besar itu sulit," tambah Gerrard.

Kini, Gerrard bisa tersenyum setelah Liverpool finis di posisi kedua Liga Premier Inggris musim lalu dan berhak atas satu tiket Liga Champions musim 2014-15. "Saya senang. Ini hadiah untuk semua kerja keras musim lalu," ucapnya. "Kita perlu untuk menikmatinya, kami ingin melakukan sebaik yang kami bisa."

The Reds akan memulai laga perdana Liga Champios saat menjamu wakil Bulgaria, Ludogorets Razgrad, di Anfiel pada Rabu (17/9/2014) dinihari WIB.

Jokowi Harus Gelar Beauty Contest Cari Menteri Berkualitas

Posted: 15 Sep 2014 08:48 PM PDT

Presiden baru Joko Widodo (Jokowi) diminta untuk menyeleksi (beauty contest) para calon menteri yang akan masuk dalam kabinetnya selama lima tahun mendatang. Upaya ini bertujuan untuk memperoleh para pembantu Presiden yang berkualitas dan mampu melayani rakyat.

Pengamat Ekonomi dari Universitas Padjajaran, Bandung, Ina Primiana mengatakan, Jokowi perlu mencari tiga calon menteri untuk satu Kementerian. Lalu ketiganya akan berkompetisi secara sehat untuk menempati posisi tersebut.

"Bagusnya digelar beauty contest. Mencari satu dari tiga calon menteri yang pas untuk mengisi jabatan di sebuah Kementerian," ujar Ina saat berbincang dengan Liputan6.com, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Ina menjelaskan, para calon menteri tersebut langsung diseleksi oleh Jokowi. Bertatap muka satu per satu guna mendalami karakter maupun visi misi calon menteri. Ia mengharapkan, mantan Walikota Solo itu dapat memilih menteri yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

"Calon menterinya diajak ngobrol. Pilih yang berkompeten, nggak ada masalah di masa lalunya, orang yang bersih, mampu memberi solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi saat ini. Dan paling penting bisa diajak kerjasama," terangnya.

Sebelumnya, Jokowi mengumumkan ada 34 kementerian yang akan membantunya bersama Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla. "Pada sore ini telah kita putuskan jumlah kementerian, ada 34 kementerian," ujar Jokowi.

Jokowi yang kini masih berstatus Gubernur DKI Jakarta tersebut menjelaskan, komposisi menteri berasal dari kalangan profesional sebanyak 18 orang dan 16 profesional-partai. (Fik/Ahm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Keluarga Ade Sara Tolak Pembunuhan Putrinya Disebut Tak Berencana

Posted: 15 Sep 2014 08:45 PM PDT

Tim kuasa hukum terdakwa pembunuhan Ade Sara Angelina Suroto telah menyampaikan berbagai pembelaan atas dakwaan yang disampaikan Jaksa Penuntut Umum. Tapi, keluarga menilai semua pembelaan tidak masuk akal dan bertentangan dengan dakwaan.

Ayahanda Ade Sara, Suroto yang tidak pernah absen dalam sidang mengatakan, ada beberapa pembelaan yang sulit diterima keluarga. Pertama soal sidang yang dinilai cacat hukum.

M Syafri Noer, penasihat hukum Assyifa Ramadhani atau Syifa dan Ahmad Imam Al Hafitd atau Hafitd mengatakan, sidang perdana kedua terdakwa tidak didampingi kuasa hukum. Suroto mengatakan, tidak mungkin kuasa hukum tidak tahu jadwal sidang kliennya.

"Kalau menurut saya, justru mereka yang aneh, masak kuasa hukum tidak tahu kalau kliennya sidang. Itu juga kan aneh," kata Suroto di kediamannya di Jalan Layur Blok ABCD, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (16/9/2014).

Pembelaan selanjutnya, penasihat hukum menyatakan dakwaan jaksa atas tuduhan pembunuhan berencana tidak jelas. Mereka mengaku tempat pembunuhan sebenarnya tidak disampaikan secara jelas.

"Menurut saya dakwaan jaksa jelas sekali bagaimana mereka sudah berkomunikasi dari seminggu sebelumnya ketemu diantar ke tempat les. Sebenarnya saat penyiksaan dan anak saya sudah tidak berdaya, mereka punya pilihan untuk melanjutkan atau tidak. Tapi tenyata mereka melanjutkan, itu apa namanya kalau bukan berencana," ujar Suroto.

Belum lagi soal permintaan pengurangan hukuman. Penasihat hukum sudah meminta majelis hakim untuk meringankan hukuman kepada Hafitz dan Syifa. Bahkan, mereka minta dibebaskan.

"Mereka minta hukuman seringan-ringannya dan bahkan dibebaskan. Ini juga agak janggal buat saya," tandas Ayahanda Ade Sara. (Mut)

One Direction Umumkan Single Resmi Pertama Dari Album Terbaru

Posted: 15 Sep 2014 08:45 PM PDT

One Direction kembali memberikan kabar gembira untuk para penggemar mereka. Sebelum merilis album terbaru bertajuk FOUR, One Direction mengumumkan single resmi pertama mereka dari album tersebut. Lagu andalan boyband jebolan The X Factor Inggris ini berjudul Steal My Girl.

Berdasarkan laman Aceshowbiz, Selasa (16/9/2014), One Direction akan memperdengarkan lagu Steal My Girl untuk pertama kali serentak diputar di beberapa radio. Namun, para Directioners --sebutan untuk penggemar One Direction-- masih harus bersabar. Single hits mereka ini diluncurkan pada 29 September mendatang.

Single Steal My Girl ini ditulis oleh Louis Tomlinson dan Liam Payne. Dua personel itu dibantu oleh Ed Drewerr, Wayne Hector, Julian Bunetta, dan John Ryan yang merupakan orang-orang yang sama di balik lagu hits mereka berjudul Best Song Ever. Bunetta dan Ryan juga bertindak sebagai produser.

"Steal My Girl menunjukkan kemampuan menulis lagu para personel One Direction yang terus memperluas pengaruh musik mereka. Tetapi, mereka sementara tetap mempertahankan suara popnya," ujar Columbia Records dalam sebuah press release.

One Direction

Album FOUR sendiri akan dirilis pada 17 November dibawah naungan label Columbia Records. Memang sebelumnya, para personel One Direction mengatakan kalau di album keempat ini mereka semua diminta untuk menulis lagu. (Fir/Rul)

KPK Periksa Menko Polhukam Djoko Suyanto untuk Jero Wacik

Posted: 15 Sep 2014 08:41 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Menteri Kordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Djoko Suyanto dalam kasus dugaan korupsi dengan pemerasan untuk peningkatan dana operasional menteri di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Djoko diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Menteri ESDM Jero Wacik.

Djoko tiba sekitar pukul 10.00 WIB. Dia mengaku, kedatangannya ke kantor Abraham Samad itu untuk menjadi saksi dari Jero Wacik.

"Saya ada panggilan untuk kasus Pak Jero Wacik," kata Djoko di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Namun dia mengaku belum mengetahui apa kaitan dirinya dalam kasus ini hingga KPK memanggilnya. Namun Djoko berjanji akan memberi keterangan usai diperiksa.

"Ya ini saya baru dipanggil. Nanti (memberikan keterangan)," ucap pria yang mengenakan kemeja batik warna cokelat itu.

Selain Djoko, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan HAM Menkopolhukam, Noor Rachmat. Noor diketahui sudah tiba lebih awal sebelum Djoko.

KPK menetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dengan pemerasan untuk peningkatan dana operasional menteri (DOM) di Kementerian ESDM.‎ Oleh KPK Jero dijerat dengan Pasal 12 huruf e atau Pasal 23 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 421 KUHPidana.

Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) itu diduga menyalahgunakan kewenangannya selama menjadi Menteri ESDM. Yakni diduga mela‎kukan pengarahaan untuk mendapatkan dana operasional menteri yang lebih besar.

Dari hasil penyelidikan, KPK juga menduga dana-dana terkumpul yang diterima Jero untuk operasional Menteri ESDM itu mencapai Rp 9,9 miliar. Meski begitu, KPK tidak mau menjelaskan lebih jauh, apakah dana sebesar itu untuk pribadi semata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut atau ada yang dialirkan juga ke pihak-pihak lain. (Ein)

Tidak ada komentar: