Minggu, 21 September 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Gelar Demo, Ribuan Mahasiswa Hong Kong Boikot Kuliah Seminggu

Posted: 21 Sep 2014 08:45 PM PDT

Mulai Senin ini, ribuan mahasiswa Hong Kong menggelar gerakan boikot selama seminggu penuh. Mereka tak menghadiri perkuliahan demi ikut demo. Para aktivis prodemokrasi menyebut, aksi tersebut memperkuat kampanye pembangkangan sipil terhadap kebijakan Beijing.

Tiongkok sebelumnya mengubah cara pemilihan pemimpin Hong Kong yang bergelar kepala eksekutif (chief executive).  Aturan baru menyebut, hanya para kandidat yang disetujui oleh panitia yang bisa mencalonkan diri. Perubahan sistem pemilihan itu memicu protes di bekas wilayah koloni Inggris itu.

"Ini adalah titik balik," kata Alex Chow, Ketua Federasi Mahasiswa Hong Kong, seperti dimuat Bangkok Post, Senin (22/9/2014). "Pemerintah harus menanggapi apa yang dianggap banyak orang Hong Kong sebagai sistem pemilu yang tidak adil."

Para mahasiswa menilai, keputusan China mendirikan komite atau panitia pemilihan untuk menyaring para kandidat tak sesuai dengan alam demokrasi yang dijanjikan pada Hong Kong, saat wilayah itu diserahkan kembali dari Inggris ke China pada 1997.

Ribuan mahasiswa dari sedikitnya 25 universitas dan perguruan tinggi akan ambil bagian dalam pemogokan selama seminggu. Untuk menyuarakan kemarahan mereka.

Tak hanya memboikot perkuliahan, para aktivis mahasiswa juga menyelenggarakan serangkaian demonstrasi dan kuliah umum di sebuah taman dekat kantor-kantor pemerintah.

Pada tahun 2012, mahasiswa ada di garis depan protes terhadap rencana pemerintah Hong Kong untuk melembagakan kurikulum "pendidikan nasional" yang dipandang  pro-China. Kala itu mereka berhasil. Entah kali ini.

Apapun, protes para anak kampus tersebut hanya awal dari demo prodemokrasi besar-besaran yang rencananya akan digelar 1 Oktober 2014 mendatang, oleh organisasi Occupy Central.

Inggris mengembalikan Hong Kong ke China pada 1997 di bawah skema "satu negara, dua sistem" -- kesepakatan yang memungkinkan rakyat Hong Kong menikmati kebebasan sipil yang tidak berlaku di daratan, termasuk kebebasan berbicara dan hak untuk protes.

Keputusan untuk mengubah cara Hong Kong memilih pemimpinnya, dikeluarkan di tengah kekhawatiran yang meningkat bahwa otonomi tersebut akan segera dihapus sama sekali. (Yus)

 

Tak Ada CJR di Ulang Tahun Bastian Steel

Posted: 21 Sep 2014 08:45 PM PDT

Minggu (21/9/2014) kemarin, menjadi hari paling bahagia bagi Bastian Steel. Hari itu merupakan tepat dirinya berulang tahun ke-15. Selain dihadiri keluarga dan temannya, ultah sederhana Bastian itu turut dimeriahkan oleh para fans.

Namun, di antara para tamu undangan, tak ada satu pun personel CJR yang hadir. Lantas, mengapa rekan-rekan Bastian di Coboy Junior itu tak hadir?

"Mereka (CJR) lagi di Solo atau di luar kota katanya," ujar Bastian di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Minggu (21/9/2014).



Meski larut dalam kemeriahan pesta ulang tahunnya, namun terlihat ada sedikit kesedihan di wajah pelantun SIM (Surat Izin Mencinta) karena CJR tak hadir. Ia pun merasa ultah ke-15 itu terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Di ultah 15 tahun ini beda, baru kali ini saya ultah pas dapat job stripping. Nggak ada teman-teman juga dari yang berempat kayak dulu. Tapi kalau saya sih yang penting setiap tahun ultah bareng keluarga. Sekarang dirayakan bareng fans juga," ucapnya.

Bocah kelahiran 21 September 1999 ini berharap agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. "Umur 15 tahun semoga makin dewasa dan sukses terus. Tetap kayak biasa saja, saya juga nggak menyangka masih bisa ulang tahun, hehehe," pungkas Bastian Steel.(Ras/Mer)

Prada & Versace Sumbang Dana untuk Tempat Belanja Tertua di Dunia

Posted: 21 Sep 2014 08:35 PM PDT

Jika Anda berkesempatan untuk mengunjungi kota Milan, Italia, maka sempatkanlah untuk bertandang ke Galleria Vittorio Emanuele II. Tempat ini adalah salah satu tempat belanja tertua di dunia. Nama area ini diambil dari nama raja pertama dari Kerajaan Italia, Vittorio Emanuele II.

Tempat itu kini diisi oleh tenant label-label fesyen ternama seperti Gucci dan Louis Vuitton. Untuk menjaga peninggalan sejarah ini, berbagai label ternama itu menyumbang sejumlah dana. Seperti dilansir dari Vogue.co.uk, Senin (22/9/2014), label yang baru-baru ini menyumbang dana untuk proyek tersebut adalah Versace dan Prada.

Total dana yang disumbangkan oleh kedua label asal Italia tersebut adalah sebanyak 3 juta euro (sekitar 46 miliar rupiah). “Kami merasa memiliki tanggung jawab sosial budaya,” ucap Gian Giacomo, Chief Executive Versace.

Apa yang dilakukan oleh Versace dan Prada serupa dengan label-label lain yang menyumbang dana untuk menjaga aset budaya, seperti donasi Bulgari untuk Spanish Steps, donasi Tod’s untuk Colosseum, donasi Fendi untuk Trevi Fountain, donasi Salvatore untuk Uffizi Gallery, dan lain sebagainya.

Kenaikan Harga BBM Picu Harga Properti Melonjak 20%

Posted: 21 Sep 2014 08:32 PM PDT

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi tentu membawa efek berantai terhadap sektor lain, tak terkecuali sektor properti. Dampak kenaikan harga bahan bangunan dan upah pekerja akan memicu kenaikan harga rumah.

Menurut Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Jateng Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Djoko Santoso, pihaknya sudah menghitung dampak kenaikan harga BBM, di mana jika diasumsikan ada kenaikan harga jual BBM subsidi antara Rp 1.500 hingga Rp 2.500 per liter, maka harga rumah dapat naik hingga hingga 20 persen.

“Tentu saja pengembang tak berani langsung menaikkan. Mereka akan melakukan secara bertahap. Upaya itu untuk menjaga daya beli masyarakat agar tidak memberatkan,” kata Joko, Senin (22/9/2014).

Berdasarkan data di REI, hingga pertengahan tahun ini para pengembang perumahan telah menaikkan harga jual rumah sebesar 5 persen. Bahkan diprediksi harga rumah hingga akhir tahun ini bakal naik hingga 10 persen.

“Kenaikan sekitar 5 persen-10 persen masih wajar dan selalu terjadi setiap tahunnya. Sebab, pengembang selalu memberikan penambahan fasilitas pada rumah yang dijual,” kata Djoko.

Kekhawatiran REI dengan kenaikan harga BBM subsidi, yaitu pengembang perumahan sederhana akan beralih membangun rumah menengah. Hal ini dikarenakan harga rumah sederhana yang bisa mendapatkan pembebasan pajak dari pemerintah ditentukan hanya sebesar Rp 105 juta per unit.

“Memang harga rumah sederhana yang mendapatkan subsidi yaitu sebesar Rp 118 juta. Akan tetapi, yang bisa bebas pajak hanya Rp 105 juta per unit. Kalau pengembang tidak bisa membangun rumah dengan harga itu pasti mereka akan berpindah untuk membangun rumah menengah,” katanya.

Rencana kenaikan harga BBM tahun ini akan memicu masyarakat untuk segera membeli rumah. Hal itu terbukti dengan kian bertambahnya jumlah angka penjualan rumah dari pameran properti di awal tahun hingga sekarang.  (Edhie/Ndw)

Maliq & D'Essentials Goyang Panggung Colosseum Club

Posted: 21 Sep 2014 08:30 PM PDT

Kamis (18/9/14), Maliq & D'Essentials menggebrak Stage Empire Colosseum Club Jakarta lewat lagu-lagu mereka. (Liputan6.com/Faisal R Syam)

Nicolas Cage Beli Rumah Berhantu

Posted: 21 Sep 2014 08:30 PM PDT

Nicolas Cage membeli rumah bekas Madame Lalaurie di New Orleans yang sebelumnya dikenal sebagai tempat penyiksaan dan pembunuhan budak.

Bukan tanpa alasan, Cage membeli rumah tersebut.

Menurut laman Femalefirst, Minggu (21/9/2014), aktor 50 tahun ini ingin menulis sebuah novel horor. Dengan membeli rumah abad ke-19 tersebut diharapkan dirinya mendapat inspirasi dan bisa menuntaskankan novelnya.

"Saya pernah tinggal di rumah paling berhantu di Amerika, The LaLaurie Mansion di New Orleans. Dulunya milik Madame LaLaurie, sosialita terkenal pada abad ke-19 dan ada pembunuhan berantai," ungkap Nicolas Cage kepada sebuah majalah pada acara yang digelar Dailymail.

"Saya membelinya pada 2007. Tempat itu adalah yang baik untuk saya menulis novel horor Amerika. Saya memang tidak terlalu jauh dengan novel," lanjutnya.

Diakui pemain film Face/Off itu dirinya sempat merasakan ketakutan. Bahkan seseorang mengatakan kepadanya kalau anaknya, Weston yang kini berusia 23 tahun, akan mati sebelum berusia 15 tahun.

"Seseorang pernah mengatakan kepada saya bahwa anak saya, saat itu berusia sembilan tahun, akan mati pada usia 15 tahun. Untuk itu saya diberitahu untuk segera pindah dari rumah tersebut demi anak, yang sekarang sudah 23 tahun," tandas Nicolas Cage. (Mer/Ade)

IIMS 2014 Perkenalkan Perkembangan Otomotif Indonesia

Posted: 21 Sep 2014 08:29 PM PDT

Sejak Kamis, 18 September 2014 penggemar industri otomotif disuguhkan dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang berlangsung hingga 28 September di JIExpo Kemayoran.

Untuk ke-22 kalinya IIMS industri otomotif dalam negeri ini berlangsung. Tahun ini IIMS mengambil tema ”Smart & Safe Mobility" yang mengajak masyarakat untuk menciptakan sebuah hubungan antara orang, mobil, dan mobilitas.

Acara ini bertujuan untuk memanjakan mata dengan hasil-hasil otomotif dan juga memperkenalkan kemajuan perkembangan otomotif Indonesia. Diperkirakan 36 merek otomotif anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesian (GAIKINDO) dan 29 kendaraan penumpang (passanger cars) akan ikut serta dalam pameran ini.

Jika Anda tertarik untuk menghadiri IIMS, Anda dikenakan biaya Rp 40 ribu untuk hari Senin-Kamis dan Rp 60 ribu untuk Jumat-Minggu.

Masih berlangsung pula acara yang disuguhkan komunitas Salihara. Kali ini komunitas Salihara kembali menggelar Festival Salihara di tahun kelima dengan mengambil tema Di Seni Senang atau Happy Go Artsy.

Festival yang dibuka dengan konser musik Magical Mystery Tour dari Anime String Orchestra asal Bandung dengan Haryo ‘Yose’ Soejoto sebagai konduktor dan arranger. Adapula sejumlah karya The Beatles, Jimi Hendrix dan Emerson, Lake & Palmer (ELP) akan diaransemen ulang dan dimainkan dengan instrumen gesek.

Festival Salihara ini berlangsung hingga 20 Oktober di Jl. Salihara 16, Pasar Minggu, Jakarta. Anda tertarik mengikuti rangkaian Festival Salihara? 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

5 Cara Tingkatkan Daya Baterai Laptop Windows 8.1

Posted: 21 Sep 2014 08:28 PM PDT

Daya tahan baterai di laptop Anda bermasalah? Lima (5) tips berikut ini akan membantu Anda meningkatkan daya tahan baterai di laptop Windows 8.1.

Anda bisa melakukannya dengan cara meng-update perangkat lunak untuk memperbaiki bug, menonaktifkan fitur yang tidak diperlukan, mengatur pencahayaan pada layar laptop, dan lain sebagainya.

Selanjutnya>>>

Update software

Update perangkat lunak

Mengutip laman Cnet, Senin (22/9/2014), Microsoft diketahui secara rutin merilis update software untuk memperbaiki bug dan menambahkan fitur baru untuk Windows. Dengan memperbarui sistem operasi, semua sistem di laptop Anda akan lebih aman dan terkadang mampu meningkatkan daya tahan baterai.

Untuk memeriksa ketersediaan pembaruan, buka menu `Charms` dengan menggulirkan layar dari kanan ke kiri atau menggerakkan mouse ke sudut kanan bawah layar. Kemudian klik `Settings`, pilih `Change PC settings`> `Updates and Recovery`> `Check for updates`.

Selanjutnya>>>

Atur power setting

Modifikasi power settings

Microsoft telah dibundel berbagai pilihan penghematan daya pada Windows 8.1. Pengaturan ini dapat diakses dengan membuka `Control Panel`> `Hardware and Sound`, dan klik `Power options`. Di sini Anda bisa memilih perencanaan daya bawaan dari Microsoft atau Anda dapat memodifikasinya sendiri.

Anda dapat memodifikasi beberapa hal seperti kecerahan layar, ketika layar akan mati, dan ketika komputer akan sleep, dan lainnya. Saat mengklik `Change advanced power settings`, Anda akan menemukan beberapa pilihan kustomisasi yang lebih lengkap.

Selanjutnya>>>

Redupkan layar

Redupkan layar laptop

Tampilan pada laptop cukup menguras daya baterai. Ketika Anda memutuskan kabel daya, pilihan terbaik untuk meredupkan kecerahan layar adalah di bawah 50 persen atau tampilan pas untuk mata Anda.

Langkah ini dapat dilakukan dengan cara menekan menu `Charms` dan pilih `Settings`. Pilihan kecerahan layar ada di atas ikon keyboard dan di samping menu volume.

Anda juga harus menonaktifkan fitur kecerahan otomatis dan lampu latar di keyboard (jika laptop Anda memiliki fitur ini). Untuk melakukannya, pilih `Settings` lalu klik opsi `Change PC settings`> `PC and Devices`> `Display`, dan matikan "Adjust my screen brightness automatically".

Untuk meredupkan lampu latar di keyboard, buka menu `Charms`, klik `Search`, ketik "mobility," dan pilih `Windows Mobility Center`.

Selanjutnya>>>

Matikan bluetooth

Matikan Bluetooth

Mouse nirkabel atau speaker yang terhubung dengan koneksi Bluetooth cukup menguras baterai laptop Anda. Untuk menonaktifkan Bluetooth, pilih `Settings`, klik opsi `PC and devices`, dan pilih `Bluetooth`.

Selanjutnya>>>

Lepas semua dongle

Lepaskan semua dongle

Seperti halnya Bluetooth, perangkat yang terhubung dengan port USB, seperti flash drive juga dapat menguras baterai laptop. Jika Anda tidak menggunakan dongle atau perangkat USB lain, Anda harus mencabutnya untuk menghemat baterai.

Jika laptop tidak sedang terhubung ke listrik, pengisian smartphone atau tablet melalui port USB juga akan mengurangi daya baterai laptop Anda.


KPK Periksa Petinggi Biro Keuangan Setjen Kementerian ESDM

Posted: 21 Sep 2014 08:24 PM PDT

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ‎memeriksa Kepala Bagian Akuntansi Biro Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dwi Haryono. Dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka mantan Menteri ESDM Jero Wacik dalam kasus dugaan korupsi dengan pemerasan untuk peningkatan Dana Operasional Menteri (DOM) di Kementerian ESDM.

"Dia jadi saksi untuk JW," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha saat dikonfirmasi, Senin (22/9/2014).

KPK menetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dengan pemerasan untuk peningkatan dana operasional menteri (DOM) di Kementerian ESDM.‎ Oleh KPK Jero dijerat dengan Pasal 12 huruf e atau Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU Tipikor) jo Pasal 421 KUHPidana.

Mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) itu diduga menyalahgunakan kewenangannya selama menjadi Menteri ESDM. Yakni diduga mela‎kukan pengarahaan untuk mendapatkan dana operasional menteri yang lebih besar, karena merasa platform dana operasional tersebut dinilai kecil.

Modus yang dilakukan untuk mendapatkan dana operasional yang lebih besar itu di antaranya mencari pendapatan yang bersumber dari kickback suatu pengadaan barang dan jasa, pengumpulan dana dari rekanan-rekanan terhadap program-program tertentu di Kementerian ESDM, dan dengan melakukan kegiatan atau rapat yang sebagian besar fiktif. Oleh KPK, dana-dana tersebut digenerate dan menurut hasil penyelidikan dikualifikasi sebagai penyalahgunaan ‎kewenangan.

Dari hasil penyelidikan, KPK juga menduga dana-dana terkumpul yang diterima Jero untuk operasional Menteri ESDM itu mencapai Rp 9,9 miliar. Meski begitu, KPK tidak mau menjelaskan lebih jauh, apakah dana sebesar itu untuk pribadi semata Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut atau ada yang dialirkan juga ke pihak-pihak lain.

KPK mencium adanya dugaan bahwa dana miliaran rupiah itu digunakan untuk kepentingan diri sendiri, pihak ketiga, dan pencitraan Jero Wacik. (Mut)

Ahok: Giant Sea Wall Jakarta Beda Dengan Saemangeum Korsel

Posted: 21 Sep 2014 08:21 PM PDT

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok melihat kecil kemungkinan teknis pembangunan tanggul raksasa (Giant Sea Wall) Jakarta sama dengan Saemangeum Sea Wall, Korea Selatan. Kesimpulan itu didapat setelah Ahok berkunjung ke Korea Selatan selama 3 hari, 19-21 September kemarin, dalam rangka pembukaan Asian Games 2014 di Incheon.

"Saya kira beda sekali konsepnya. Konsep Jakarta Giant Sea Wall mau buat waduk jadi reservoir air. Itu saya kira nggak masuk akal setelah lihat di situ," jelas Ahok di Balaikota, Senin (22/9/2014).

Ahok menjelaskan, di Jakarta tanggul raksasa yang dibangun bertujuan sebagai reservoir air atau bangunan penampungan air minum. Sementara, di Tanggul Saemangeum terdapat permasalahan air kotor.

"Dia (Korea Selatan) mempunyai persoalan dengan pencemaran waduk yang dia bikin. Kan dia tutup, berarti kan semua air kotor masuk ke situ. Itu saja ngga bisa dipakai buat pertanian," jelas Ahok.

Meski demikian, Ahok mengatakan apa yang dilihatnya di Korea Selatan dapat dipraktikan pula di Jakarta. Salah satu alasannya karena negara tersebut memang ahli dalam urusan tanggul laut.

Pembangunan Giant Sea Wall dimaksudkan untuk mengatasi banjir di Jakarta, khususnya rob di sisi utara Jakarta.  Peletakkan batu pertama diharapkan pada 9 Oktober mendatang. Dana sudah dialokasikan di Kementerian Pekerjaan Umum.

Tanggul raksasa ini diproyeksikan untuk melindungi Jakarta hingga 1.000 tahun ke depan. Selain itu, tanggul ini juga untuk memudahkan pembuangan air dari daratan ke laut dan sebagai tempat penyimpanan air bersih.

Menurut Ahok, untuk teknik pengerjaan yang paling bisa ditiru adalah Rotterdam, Belanda. "Kita lebih cocok Rotterdam sebetulnya," tandas Ahok. (Mut)

Tidak ada komentar: