Selasa, 16 September 2014

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bulan Ini Pemerintah Sahkan UU Kelautan

Posted: 16 Sep 2014 09:02 PM PDT

Menteri Kelautan dan Perikanan, Cicip Syarif Sutarjo mengatakan, bulan ini pemerintah akan mengesahkan UU Kelautan yang sudah lama dinantikan.

"Tanggal 29 September nanti melalui sidang Paripurna DPR RI," kata Cicip di sela International Training Workshop on Marine Protected Area Governance di Denpasar, Rabu (17/9/2014).

Menurut dia, UU Kelautan akan mengatur tata ruang kelautan Indonesia secara keseluruhan. Hal yang diatur antara lain jika dalam UU Nomor 1 Tahun 2014 hanya mengatur 12 mil. Di UU yang baru akan diatur 200 mil laut lepas," paparnya.

Menurut dia, UU ini sudah dinanti sejak 10 tahun lamanya. Selama ini, kata dia, pemerintah terus memperjuangkan hal tersebut. "Ke depan bisa diatur baik dan kondusif," katanya.

DPR RI, kata dia, sudah mendukung UU tersebut. "UU Kelautan menjadi payung UU yang ada. Sifatnya koordinasi tidak over lapping," tutur Cicip.

Dia mengatakan, apa yang sudah dilakukan saat ini, merupakan cikal bakal pengaturan maritim Indonesia. Rencananya pada 1 Oktober akan ada pertemuan Ocean Investment Summit.

Ajang ini akan menjadi kesempatan untuk menunjukkan semua aspek mulai dari wisata, perhubungan dan lingkungan serta sektor lainnya bersatu padu untuk bisa menunjukkan potensi laut Indonesia.

"Tujuannya membuat roadmap potensi laut. Ini penting sekali menjadi negara maritim ke depan," tambahnya. (Dewi Divianta/Nrm)

 

*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

Katy Perry `Nyanyikan` Lagu Raor Versi Sunda

Posted: 16 Sep 2014 09:02 PM PDT

Sejak beberapa waktu lalu linimasa Twitter diramaikan dengan sebuah postingan video dari Eka Gustiwana di Youtube. Eka yang mahir mengedit video secara konyol, kali ini memakai objek penyanyi asal Amerika Serikat, Katy Perry untuk menjadi target selanjutnya.

Video dengan judul "Katy Perry Nyanyi ROAR Versi Sunda @EkaGustiwana" ini diunggah pada 25 Mei 2014. Video yang menampilkan aksi panggung Perry beserta penari latarnya ini sudah disaksikan 100 ribu kali di Youtube.

Sebelumnya, Eka telah mengubah aransemen musik sinden untuk pelantun Umbrella, Rihanna. Saat ini Eka menghebohkan sosial media dengan mengunggah video Katy Perry saat melantumkan lagu Roar di sebuah acara. Ada yang menggelitik saat Anda menyaksikan video yang dibuat Eka, terdengar Perry menyanyikan lagu yang dirilis Agustus 2013 itu dengan aransemen musik Sunda.

Hasilnya, video tersebut banyak mendapat respons para onliner di Tweeple. Para Tweeple kagum terhadap Eka karena karya yang dihasilkannya banyak mendapat pujian. Seperti yang diungkapkan akun @Naphee'KhusnulLutfi, ia menuliskan karya yang dibuat Eka keren "Ah, gillaakk.. keren bangeettt...!!! bakat macam apaa inii kang Eka."

Lalu akun @thedhen Hidayat yang memberikan saran kepada Eka agar lebih banyak membuat video seperti ini "eduuuuun kang lebih banyak lagi, keren ! hehe."

Adapula akun @EdwinRidwansah yang memuji video Eka yang tak terlihat seperti editan "@adizyobima bim Liat Gera @katyperry nyanyi lagu #Roar Versi Sunda... bisaan ngeedit nya kaya bukan editan."

 

Sosok Eka Gustiwana dikenal masyarakat luas karena rekaman yang dibuatnya pada tahun 2013, yaitu berita dari Arya Wiguna dengan kalimat Demi 'Tuhan-nya'. Rekaman berita tersebut diubah dengan mengaransemen musiknya, kemudian dipadukan dengan suara Arya Wiguna agar menghasilkan sebuah lagu.

Disclaimer:


Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Semua Orang Berisiko Kena Hepatitis B

Posted: 16 Sep 2014 09:00 PM PDT

Kita semua belum tentu terbebas dari hepatitis B. Sebab, hanya sepertiga dari jumlah populasi yang memberikan gejala hepatitis B. Sisanya, tidak terlihat sama sekali.

Menurut Pakar Hepatitis Indonesia, Prof. Dr. dr. Ali Sulaiman, Sp.PD, KGEH, mengatakan, 70 persen infeksi virus hepatitis B tidak menimbulkan keluhan atau gejala sama sekali. Biasanya, pengidap tidak merasakan keluhan yang berarti, yang membuat mereka enggan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait dengan kondisinya tersebut.

"Akibatnya, dalam waktu 15-25 tahun akan mengalami sirosis atau pengerutan hati, bahkan sebagian di antaranya akan berkembang menjadi kanker hari," kata Ali dalam acara `Sayangi Hatimu Lakukan Deteksi Dini` di Ruang Maharmadjono, Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kuningan, Jakarta, pada Selasa (16/9/2014).

Pengidap penyakit yang menyerang hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B, bersifat kronik dan akut biasanya tanpa gejala, atau hanya gejala ringan berupa;

1. Cepat lelah
2. Mual, nyeri bagian perut
3. Demam
4. Napsu makan berkurang
5. Kencing seperti air teh.

Nahasnya, sebagian besar dari kita tidak mengetahui telah tertular virus hepatitis B, yang berdampak pada hepatitis B sering terlambat diketahui.

Untuk pencegahan tertular virus hepatitis B, kata Ali Sulaiman, lakukan imunisasi hepatitis B.

Bunga Citra Lestari Tampilkan Sentuhan Era 60'an di Album Terbaru

Posted: 16 Sep 2014 09:00 PM PDT

Usai meluncurkan single religi pada Ramadhan lalu, Bunga Citra Lestari kembali melahirkan karya anyar. Saat ini, wanita kelahiran 22 Maret 1983 itu tengah menggodok album keempat yang akan rilis November mendatang.

"Sekarang lagi siap untuk pemotretan cover album. Kalau buat lagu sih sudah siap, tinggal hal-hal lainnya saja," kata Bunga di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).



Kata Bunga, album ini memiliki nuansa musik yang variatif dibanding album-album terdahulu. Misalnya saja ada pop era 60an di salah satu lagunya. Namun, bukan berarti album ini terkesan jadul.

"Musiknya lebih macam-macam, lebih banyak yang up beat, banyak juga yang mellow. Kayak musik 60an, lebih urban, kayak jaman sekarang juga ada," tandas Bunga.

Sayangnya, bintang film Habibie-Ainun itu masih membatasi pembicaraan soal album anyar itu. Bunga meminta awak media bersabar. "Bocorannya nanti ya, hehehe," tutup Bunga Citra Lestari.

Sony Xperia Z3, Smartphone Paling Kedap Air di Dunia?

Posted: 16 Sep 2014 08:56 PM PDT

Tak hanya meningkatkan kemampuan di sektor performa dan fitur, Sony pun menghadirkan Xperia Z3 lebih tangguh dibandingkan pendahulunya, Xperia Z2.

Sebagai bukti, kini Xperia Z3 disebutkan telah dibekali sertifikasi IP 65/68 kedap air dan debu. Setifikasi IP 65/68 sendiri hingga saat ini merupakan yang tertinggi yang pernah ada di jenis perangkat mobile.

Sebelumnya, Sony membekali seri Xperia Z2 dengan sertifikasi IP 57/58. Namun kini diketahui telah banyak produk smartphone lain yang beredar di pasaran telah mengusung sertifikasi tersebut.

Tak ingin disaingi oleh para kompetitor, Sony pun akhirnya menyematkan sertifikasi IP 65/68 pada Xperia Z3.

"Fitur anti air sangat berguna bagi para pengguna, khususnya bagi mereka yang aktif," kata Chang Seng Hock, Marketing Director South East Asia & Oceania Sony Mobile Communication di acara peluncuran Xperia Z3.

Meski begitu, Hock menegaskan: "Waterproof adalah fitur yang sangat bermanfaat, tapi bukan berarti hanya itu keunggulan yang kami kedepankan. Hanya memberi kelebihan pada Xperia Z3. Kami berusaha untuk memberikan yang terbaik."

Sony Xperia Z3 mengusung layar 5,2 inci Full HD, yang ditopang prosesor Quad Core 2,5 GHz Qualcomm Snapdragon 801 MSM897AC. Dilengkapi pula sistem operasi teranyar Android versi 4.4.4 KitKat dengan dukungan besaran RAM 3 GB.

Untuk urusan kamera, Xperia Z3 memiliki fasilitas kamera utama beresolusi 20,7 megapiksel (MP) dan kamera sekunder 2,2 MP di bagian depan. Fitur kamera ini didukung sensor 1/2,3 Exmor RS, mesin pemroses gambar BIONZ, serta lensa Sony G Lens 25mm bersudut lebar.

 

Dolar Jadi Primadona, Rupiah Masih Tertekan

Posted: 16 Sep 2014 08:50 PM PDT

Menghadapi pertemuan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) yang rencananya digelar hari ini, nilai tukar rupiah terus melemah tipis sejak awal pekan. Penguatan dolar akibat spekulasi para pelaku pasar menghadapi pertemuan tersebut juga terus menjadi tekanan tersendiri bagi rupiah.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR), Rabu (17/9/2014) menunjukkan nilai tukar rupiah melemah tipis ke level 11.908 per dolar AS. Meski tak menunjukkan pergerakan signifikan, tapi rupiah terus berfluktuasi melemah.

Sementara data valuta asing (valas) Bloomberg, menunjukkan rupiah sempat dibuka menguat di level 11.927 per dolar AS. Pada perdagangan sebelumnya, rupiah ditutup di level 11.971 per dolar AS.

Rupiah tercatat sempat menguat dan menyentuh level 11.895 per dolar AS pada perdagangan pukul 08:18 waktu Jakarta. Hingga menjelang siang, nilai tukar rupiah belum bergerak secara signifikan dan masih berkutat di kisaran 11.895 - 11.930 per dolar AS.

"Kamis ini The Fed akan mengumumkan hasil pertemuan yang akan dimulai hari ini. Spekulasi para pelaku pasar terhadap kebijakan dana stimulus dan kenaikan suku bunga The Fed mendorong dolar terus menguat karena dinilai sebagai safe heaven currency," terang Analis Valuta Asing PT Bank Mandiri Tbk, Renny Eka Putri saat dihubungi Liputan6.com.

Dia menjelaskan, saat ini The Fed telah menarik dana stimulusnya hingga hanya tersisa US$ 25 miliar per bulan. Kemungkinan The Fed akan kembali mengurangi aliran dana stimulusnya sebesar US$ 10 miliar dan benar-benar menghentikannya akhir tahun ini.

Sementara dari dalam negeri, Renny memandang tidak terlalu banyak sentimen yang dapat menggerakan rupiah. Sejauh ini, faktor eksternal masih tercatat lebih mempengaruhi rupiah mengingat pergerakannya masih berada di bawah kendali Bank Indonesia.

"Data-data ekonomi Indonesia masih terpantau baik, inflasi masih stabil dan transaksi perdagangan juga tercatat surplus," katanya.

Sepekan ke depan, Renny memprediksi rupiah akan bergerak di kisaran 11.820 hingga 11.963 per dolar AS. (Sis/Ndw)

 

 

Aura Kasih Punya Tipe Pendamping Hidup Idaman Seperti Ini

Posted: 16 Sep 2014 08:45 PM PDT

Setiap orang pasti punya kriteria sendiri dalam mencari pasangan, begitu juga dengan penyanyi dan artis cantik Aura Kasih. Dara 27 tahun itu mengatakan kalau mencari pendamping hidup harus yang bisa mengayomi dirinya dan juga pintar. Selain itu, sosok pria idamannya juga harus memiliki bentuk tubuh yang bagus.

"Yang smart lah. Yang six pack juga. Yang pasti harus family-man, hot papa," kata Aura Kasih ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (16/9/2014) malam.



Penyanyi wanita yang dikabarkan mendapat aliran dana dari Wawan, tersangka kasus dugaan suap sengketa pemilihan Bupati Lebak, Banten itu, turut berharap kalau dirinya bisa mendapatkan pria seperti keinginannya. Tentunya sosok tersebut bisa menjadi kepala rumah tangga yang baik bagi keluarganya nanti.

"Suatu hari aku nikah memang ingin dapat pria yang family-man, kan tanggung jawab," ujarnya.



Meski begitu, Aura Kasih tak ingin menargetkan kapan dirinya akan melepas masa lajangnya. Sebab, ia pernah menargetkan namun akhirnya gagal. Kegagalan dalam membina sebuah hubungan, membuat pelantun `Mari Bercinta` itu cukup selektif mencari pendamping hidup.

"Tiga tahun lalu, aku targetin menikah tapi nggak kesampaian. Sebenarnya nggak harus dilihat dari umur, karena banyak dikejar umur akhirnya gagal," katanya. Aura Kasih hingga kini masih belum memberikan tanda-tanda dekat dengan pria yang sesuai dengan calon pendamping hidup idamannya itu. (Spt/Rul)

Mobil Pelat B Dilarang ke Bogor?

Posted: 16 Sep 2014 08:44 PM PDT

Walikota Bogor Bima Arya dikabarkan akan mengeluarkan kebijakan melarang kendaraan pelat B (Jakarta) masuk ke Kota Bogor. Apabila warga Jakarta akan berkunjung ke Kota Hujan itu, maka harus menumpang angkutan umum yang disediakan pemerintah Kota Bogor.

Namun, kabar itu dibantah Bima Arya. Politisi PAN itu menegaskan tidak akan pernah ada kebijakan tersebut.

"Bukan Pelat B dilarang masuk Bogor, tapi ke depan transportasi publik dibenahi agar nyaman bagi tamu kota," tulis Bima di akun Twitter-nya @BimaAryaS, Rabu (17/8/2014).

Menurut Bima, warga Bogor akan bangga bila warga Jakarta senang berkunjung ke kota yang dikenal dengan julukan sejuta angkot itu.

"Warga Bogor bangga kalau warga ibukota senang ke Bogor. Kita terus tata agar angkot, lalu lintas dibenahi. Nyaman untuk semua," jelas Bima Arya.

Juventus 2 - 0 Malmo

Posted: 16 Sep 2014 08:41 PM PDT

Hasil laga perdana babak penyisihan grup A Liga Champions, Juventus 2 - 0 Malmo.

Tantowi Golkar: Kabinet Jokowi Kompromistis

Posted: 16 Sep 2014 08:40 PM PDT

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Golkar Tantowi Yahya mengatakan, pembentukan kabinet atau postur kementerian periode 2014-2019 adalah hak prerogatif Jokowi. Mau postur kabinet Jokowi itu gemuk atau ramping tergantung kebutuhan pemerintah dalam melaksanakan pekerjaannya.

"Jadi mau besar mau kecil, mau gendut mau kurus, itu adalah tergantung kebutuhan, itu yang pertama," kata Tantowi Yahya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (17/9/2014).

Jokowi telah mengumumkan postur kabinetnya yang akan diisi 34 menteri, yakni 18 dari profesional dan 16 profesional nonparpol. Jumlah menteri dalam kabinet Jokowi-JK hampir sama dengan Kabinet Bersatu Jilid II Presiden SBY.

Tantowi pun menyinggung Jokowi karena sebelumnya selalu berbicara soal postur kabinet ramping dengan hanya akan melibatkan orang profesional nonparpol yang pernah dikatakannya pada kampanye Pilpres 2014.

"Kalau jumlahnya 34 jadi kan tidak ada yang berubah dari kabinet (SBY) sebelumnya. Ya ini sekaligus menjawab bahwa tanpa syarat itu menjadi tidak bisa dilaksanakan, jadi pada akhirnya kabinet itu isinya ya harus kompromistis, harus realistis bahwa menteri itu jabatan politik ya mau tidak mau sebagian itu ya tetap diisi kader-kader politik," ujar dia.

Anggota Komisi I DPR itu mengatakan, jika menteri dalam kabinet Jokowi tidak diisi oleh orang-orang dari parpol maka hal tersebut sangat tidak realistis. Karena menurutnya, para menteri tersebut akan bekerja dan bermitra dengan lembaga-lembaga politik termasuk DPR, maka harus didukung oleh kader-kader parpol.

"Jadi menafikkan apalagi mengharamkan partai politik dalam sistem pemerintahan itu menurut saya tidak realistis. Karena banyak kok kader-kader parpol yang ada di pemerintahan Pak Jokowi, dari kader-kader parpol pendukungnya yang merupakan orang-orang pintar," papar Tantowi.

Ia pun berharap kepada Jokowi-JK, jangan membuat dikotomi yang seolah-olah orang yang berasal dari parpol tidak bermutu atau tak memiliki kredibilitas dan integritas. (Mut)

Tidak ada komentar: