Jumat, 08 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Setelah Twitter, Kini Ratu Elizabeth II Mulai Main Instagram

Posted: 08 Mar 2019 10:36 PM PST

Liputan6.com, London - Ratu Elizabeth II mengunggah postingan di Instagram untuk pertama kalinya. Ia berbagi foto dan pesan pribadi dengan 4,7 juta pengikut di akun keluarga Kerajaan Inggris.

Sang Ratu mengunggah postingan itu di akun Instagram keluarga Kerajaan untuk membantu mempromosikan Science Museum di London.

Foto yang diunggah adalah surat dari penemu dan ahli matematika abad ke-19, Charles Babbage, kepada Ratu Victoria dan Pangeran Albert.

 
 
 
View this post on Instagram

Today, as I visit the Science Museum I was interested to discover a letter from the Royal Archives, written in 1843 to my great-great-grandfather Prince Albert.  Charles Babbage, credited as the world's first computer pioneer, designed the "Difference Engine", of which Prince Albert had the opportunity to see a prototype in July 1843.  In the letter, Babbage told Queen Victoria and Prince Albert about his invention the "Analytical Engine" upon which the first computer programmes were created by Ada Lovelace, a daughter of Lord Byron.  Today, I had the pleasure of learning about children's computer coding initiatives and it seems fitting to me that I publish this Instagram post, at the Science Museum which has long championed technology, innovation and inspired the next generation of inventors. Elizabeth R. PHOTOS: Supplied by the Royal Archives © Royal Collection Trust / Her Majesty Queen Elizabeth II 2019

A post shared by The Royal Family (@theroyalfamily) on

Postingan itu berbunyi: "Hari ini, ketika saya mengunjungi Science Museum, saya tertarik untuk mencari surat dari Royal Archives (Arsip Kerajaan), yang ditulis pada tahun 1843 kepada kakek buyut saya, Pangeran Albert.

"Charles Babbage, yang dianggap sebagai pelopor komputer pertama di dunia, mendesain 'Difference Engine', di mana Pangeran Albert berkesempatan melihat prototipe-nya pada Juli 1843."

"Dalam surat itu, Babbage memberi tahu Ratu Victoria dan Pangeran Albert tentang penemuannya, 'Mesin Analitik', di mana program komputer pertamanya dibuat oleh Ada Lovelace, seorang putri Lord Byron."

"Hari ini, saya merasa senang belajar tentang inisiatif pengkodean komputer anak-anak dan sepertinya cocok untuk mempublikasikan postingan Instagram ini, di Science Museum yang telah lama memperjuangkan teknologi dan inovasi, dan menginspirasi generasi penemu berikutnya."

Postingan itu bertandatangan "Elizabeth R," demikian seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu 9 Maret 2019.

Huruf R itu tidak berhubungan dengan nama tengahnya atau bahkan nama keluarganya, yaitu Elizabeth Alexandra Mary Windsor.

Sebaliknya, itu menunjukkan gelar Ratu Elizabeth II.

"R" adalah singkatan dari Regina yang merupakan bahasa Latin untuk Ratu.

Instagram mengetahui adanya penggunaan platform mereka oleh Ratu Elizabeth II dengan berkomentar "ya Ratu" dengan mahkota emoji di postingannya.

 

Simak video piilihan berikut:

Pengikut yang Banyak

Duchess of Cambridge Kate Middleton dan Duchess of Sussex Meghan Markle berbincang saat menyaksikan pertandingan tenis dalam Kejuaraan Wimbledon di London, Inggris, (14/7). (AP Photo/Nic Bothma)

Kehadiran keluarga Kerajaan di media sosial telah sukses besar, dengan sekitar 3,87 juta akun mengikuti postingan Twitter mereka dan 1,69 juta lainnya mengikuti akun Istana Kensington, akun resmi untuk Duke dan Duchess of Cambridge serta Duke dan Duchess of Sussex.

Lebih dari 7 juta pengguna Instagram mengikuti akun Kensington Royal.

Akun Instagram itu dibuat pada tahun 2013 dan mengajak dunia untuk melihat kehidupan anggota Kerajaan dengan berbagi gambar mereka melakukan pekerjaan amal, mengunjungi negara dan orang-orang terkenal, menghadiri upacara dan merayakan acara keluarga.

Namun, komentar tak senonoh dan perundungan terhadap para istri dari cucu Ratu, yakni Meghan dan Kate, awal tahun ini, mendorong pihak Kerajaan Inggris untuk mengeluarkan pedoman komunitas media sosial.

Pernyataan di situs keluarga Kerajaan menegaskan kembali pedoman tersebut.

"Kami memohon kepada siapa saja yang terlibat dalam akun media sosial kami untuk menunjukkan kesopanan, kebaikan, dan penghormatan terhadap seluruh anggota lainnya dari komunitas media sosial kami. Untuk membantu menciptakan lingkungan yang aman ini, kami telah menetapkan pedoman yang berlaku untuk keterlibatan apapun dengan kami atau anggota komunitas lainnya di semua saluran media sosial kami."

Bukan Aktivitas di Medsos yang Pertama Kali

Pada tahun 2014, Ratu Elizabeth mengunggah postingan Twitter pertamanya, yang juga mendukung Science Museum London.

Bunyinya, "Sungguh menyenangkan membuka pameran Era Informasi hari ini di @ ScienceMuseum dan saya harap masyarakat akan menikmati kunjungan mereka. Elizabeth R."

Ratu dikenal suka mengikuti perkembangan teknologi. Empat puluh tiga tahun yang lalu ia menjadi kepala Kerajaan pertama yang mengirim email.

Ia mengirim pesan itu selama kunjungan ke pangkalan militer: "Pesan ini untuk semua pengguna arpanet mengumumkan ketersediaan di arpanet dari kompiler Coral 66 yang disediakan oleh komputer GEC 4080 di Royal Signals dan Radar Establishment, Malvern, Inggris."

Anggota Kerajaan Lain yang Bermain Medsos

Ratu Elizabeth mengunggah postingan Twitter pertamanya pada tahun yang sama dengan yang dilakukan Pangeran Harry.

Dibagikan dari akun Yayasan Invictus Games, Harry mengambil pendekatan yang lebih santai, dengan menulis: "Semoga semua orang akan mendukung # invictusgames. Kesempatan besar untuk mendukung dan berterima kasih kepada semua yang telah memberi begitu banyak. Harry."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Manchester City vs Watford: Laga Mudah bagi Tuan Rumah

Posted: 08 Mar 2019 10:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester City akan menjamu Watford pada pekan ke-30 Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (7/3/2019) malam atau Minggu dini hari WIB. Lebih superior dari sang lawan, Man City berpeluang mendulang tiga poin.

Manchester City belum pernah kalah melawan Watford di Liga Inggris. Dalam sembilan pertemuan sebelumnya, The Citizens cuma gagal menang dua kali dan tujuh laga sisa berakhir dengan kemenangan.

Pada pertemuan pertama musim ini, Manchester City menang 2-1 di kandang Watford lewat gol-gol Leroy Sane dan Riyad Mahrez. Watford hanya bisa menipiskan selisih skor melalui Abdoulaye Doucoure.

Pada laga terakhirnya, City menang tipis 1-0 atas tuan rumah Bournemouth lewat gol tunggal Mahrez dari assist David Silva. Sementara itu, Watford menang 2-1 menjamu Leicester melalui gol-gol Troy Deeney dan Andre Gray.

Man City ditunggu partai penentuan melawan Schalke di Liga Champions tengah pekan. Manajer The Citizens, Pep Guardiola, pun bakal melakukan beberapa rotasi, terutama untuk lini belakang dan lini tengahnya.

Pasalnya, John Stones, Fabian Delph dan Benjamin Mendy kondisinya meragukan. Kevin De Bruyne juga bakal menepi akibat cedera.

Namun untuk lini depan, Guardiola bisa menurunkan komposisi terbaiknya. Sane, Raheem Sterling, dan Sergio Aguero bakal turun dari menit awal.

Aguero hanya mencetak satu gol dalam tiga penampilan terakhirnya untuk Manchester City di semua kompetisi. Laga kontra Watford perlu dia jadikan ajang untuk menemukan kembali ketajamannya, sebelum menghadapi Schalke tengah pekan nanti.

 

Prakiraan susunan pemain:

Manchester City (4-3-3): Ederson; Kyle Walker, Vincent Kompany, Nicolas Otamendi, Oleksandr Zinchenko; Bernardo Silva, Ilkay Gundogan, David Silva; Raheem Sterling, Sergio Aguero, Leroy Sane.

Manajer: Pep Guardiola

Watford (4-4-2): Ben Foster; Daryl Janmaat, Adrian Mariappa, Craig Cathcart, Jose Holebas; Roberto Pereyra, Abdoulaye Doucoure, Etienne Capoue, Will Hughes; Troy Deeney, Gerard Deulofeu.

Manajer: Javi Gracia (Spanyol)

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim

Head to head:

  • 05/12/18 Watford 1 - 2 Manchester City (Premier League)
  • 03/01/18 Manchester City 3 - 1 Watford (Premier League)
  • 16/09/17 Watford 0 - 6 Manchester City (Premier League)
  • 21/05/17 Watford 0 - 5 Manchester City (Premier League)
  • 15/12/16 Manchester City 2 - 0 Watford (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Manchester City:

  • 17/02/19 Newport County 1 - 4 Manchester City (Piala FA)
  • 21/02/19 Schalke 04 2 - 3 Manchester City (Liga Champions)
  • 24/02/19 Chelsea 0 - 0 Manchester City (Piala Liga Inggris)
  • 28/02/19 Manchester City 1 - 0 West Ham United (Premier League)
  • 02/03/19 Bournemouth 0 - 1 Manchester City (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Watford:

  • 09/02/19 Watford 1 - 0 Everton (Premier League)
  • 16/02/19 Queens Park Rangers 0 - 1 Watford (Piala FA)
  • 23/02/19 Cardiff City 1 - 5 Watford (Premier League)
  • 28/02/19 Liverpool 5 - 0 Watford (Premier League)
  • 03/03/19 Watford 2 - 1 Leicester City (Premier League)

Persentase menang:

Manchester City 60 - 40 Watford

Sumber: Bola.net

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mulan dan Dua Anaknya Kunjungi Dhani

Posted: 08 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mulan dan kedua anaknya mengunjungi Ahmad Dhani di rutan Medaeng, Jawa Timur. Kunjungan untuk membicarakan soal konser Dewa 19 di Surabaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kang Daniel Bakal Gugat Agensinya?

Posted: 08 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta  Kang Daniel diberitakan berkonflik dengan agensinya, LM Entertainment. Namun meski begitu, pengacara Kang Daniel, Seon Jong Moon mengungkapkan bahwa kliennya belum mempertimbangkan untuk melakukan gugatan hukum.

Mantan pentolan Wanna One itu, ingin menyelesaikan permasalahan dengan agensinya, LM Entertainment semulus mungkin. Hal tersebut dilakukan agar Kang Daniel tetap dapat melanjutkan promosinya.

"Kang Daniel ingin menyelesaikan masalahnya dengan agensi semulus mungkin agar ia dapat melanjutkan promosinya," ujar pengacara Kang Daniel seperti dilansir dari Soompi, Jumat (8/3/2019).

 

Awal Konflik

Kang Daniel Wanna One (Sumber: Instagram/wannaone.official)

 

Adapun konflik Kang Daniel dengan agensinya, LM Entertainment bermula ketika sang idola meminta agensi untuk memutuskan kontraknya. Pasalnya, pasca keluar dari Wanna One, ia belum juga berkegiatan walaupun sebelumnya telah dijadwalkan akan debut solo pada bulan April.

 

Kontrak

Kang Daniel Produce 101 Season 2/ Wanna One (Sumber: Mcountdown)

 

Namun agensi sempat membantah bahwa hal itu tidak terjadi dan artisnya itu hanya meminta klausul perubahan atas kontraknya. Kang Daniel pun sempat memberikan kabar kepada penggemar bahwa dirinya akan menyelesaikan masalah tersebut secepatnya agar ia dapat kembali beraktivitas.

Sumber: Jawapos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghitung Diskon dengan Mudah untuk Kamu yang Hobi Belanja

Posted: 08 Mar 2019 10:27 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Belanja tentu menjadi sesuatu yang mengasyikkan apalagi jika dengan harga yang murah. Menyambut hari-hari tertentu seperti hari perayaan Natal, Lebaran atau hari-hari tertentu, sejumlah mal mulai menawarkan ragam promo untuk menarik minat konsumen berbelanja.

Tidak hanya mal saja, tetapi juga e-commerce menawarkan diskon besar-besaran. Tentunya, buat kamu yang hobi belanja, kesempatan ini jangan sampai dilewatkan begitu saja.

Bagaimana tidak tertarik? Barang yang yang biasanya kamu harus menunggu berbulan-bulan untuk memilikinya kini bisa kamu bawa pulang. Kali ini bisa di dapat dengan harga yang lebih terjangkau. Eits, tapi jangan bahagia dulu, bisa-bisa kamu salah perhitungan diskon. Bukannya untung, malah rugi.

Jumlah diskon yang besar terkadang sulit dihitung secara cepat hingga membuatmu bingung membandingkan mana penawaran yang lebih menguntungkan. Tidak jarang ada penawaran yang terlihat lebih besar padahal keuntungan yang kamu dapat sebenarnya sama saja. Kamu pun jadi kecewa.

Biar enggak salah, kamu bisa mempelajari cara menghitung diskon di bawah ini. Berikut Liputan6.com rangkum cara menghitung diskon dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2019).

Cara Menghitung Diskon

Ketika sedang jalan-jalan di mal atau menelusuri sejumlah online shop, kamu melihat pengumuman sepatu dengan diskon 20% dengan harga semula Rp 125.000. Cara cepat menghitungnya bisa dengan dua cara.

1. Cara pertama

Mencari 20% dari 125.000 yaitu

125.000x20/100 = 25.000

Kemudian mengurangi harga awal dengan discount

125.000-25.000=100.000

Jadi harga sepatu yang di diskon 20% dari Rp 125.000 menjadi Rp 100.000

Namun, cara tersebut cukup lama bukan? Kamu harus menghitungnya dua kali dari berapa persen harga awal dan dikurangi harga awal.

Nah, apakah kamu selama ini menggunakan cara tersebut? Mungkin saatnya kamu meninggalkan cara tersebut. Kamu bisa menggunakan cara menghitung diskon yang kedua, tentunya cara ini lebih mudah dan cepat.

2. Cara kedua

Cara menghitung diskon dengan mudah sebagai berikut

-Mengurangi berapa diskon tersebut dengan 100%

100%-20%= 80%

- Setelah itu cukup kalikan dengan harga awal

80/100x125.000=100.000

Lebih mudah bukan? Dengan cara menghitung diskon yang lebih mudah ini tentunya proses belanjamu semakin lebih nyaman.

Cara Menghitung Diskon Ganda

Selain diskon tunggal, ada juga diskon ganda. Diskon ganda juga sering kamu temui di mall, contoh diskon ganda ....%+..%. Harga yang sudah di diskon tunggal saja sudah mengiurkan apalagi dengan diskon ganda. Contoh diskon ganda yang sering ditemukam ialah diskon 50%+20%.

Tetapi bukan berarti diskon tersebut menjadi diskon 70% lho. Barang tersebut didiskon 50 persen terlebih dahulu, baru hasilnya didiskon 20 persen. Seperti misalkan harga sebuah sepatu Rp 300.000 kemudian didiskon 50 persen+20 persen, adalah sebagai berikut

Diskon pertama 50% x 300.000= 150.000

Diskon kedua 80% x 150.000= 120.000 (pakai cara cepat kedua)

Jadi harga yang wajib kamu bayarkan di kasir ialah Rp 120.000.

Cara Menghitung Diskon Up to

Jangan terkecoh dengan tulisan discount "Up to 80% All Item". Kamu mungkin mulanya berpikir bahwa barang-barang di situ dijual dengan harga yang miring.

Kamu harus teliti terlebih dahulu, penawaran yang disajikan tersebut tidak semua barang didiskon 80%, tetapi ada juga yang 20%, 30% dan lainnya sebagainya. Namun, diskon paling tinggi dari toko tersebut sebanyak 80%.

Hanya beberapa item saja yang memiliki tanda diskon 80%. Meskipun ada, kamu juga tetap harus hati-hati dalam membeli. Pasalnya barang yang dijual dengan harga yang miring patut untuk kamu curigai, bisa saja barang tersebut merupakan stok lama yang ada kecacatan ataupun barang yang sudah terlalu lama dan tidak laku.

Cara Menghitung Cashback

Biasanya promo cashback berupa voucher atau uang virtual. Orang yang kurang mengerti biasanya akan mengira cashback akan mendapatkan uang tunai, padahal mereka memberikan sejumlah voucher untuk pembelian selanjutnya. Tentu ini cara yang cerdik bagi toko agar konsumen terus belanja di toko tersebut.

Sayangnya dalam cashback terdapat syarat pembelian tertentu misal pembelian barang minimal sejumlah 150 ribu rupiah maka akan mendapatkan cashback 50 ribu rupiah. Selain itu biasanya cashback memiliki masa berlaku, misalnya hanya berlaku satu minggu, satu bulan tergantung dengan kebijakan toko. Jika melewati batas tersebut, maka cashback pun tidak dapat digunakan lagi.

Cara Menghitung Buy.. Get.. Free

Tentu kamu sudah sering melihat promo ini, memang terlihat menguntungkan ketika kamu membeli sejumlah barang dan kamu mendapatkannya secara gratis. Untuk promo ini kamu bisa menghitung diskonya dengan mengkalikan harga barang dengan jumlah barang didaptkan, kemudian kurangi total harga tersebut denganharga barang yang wajib dibayar.

Sebagai contoh, harga sebuah sbaju Rp 100.000 mendapat promo buy 1 get 1 free. Jadi kamu sebenarnya membeli barang dengan diskon 50% untuk 2 barang sekaligus. Kamu perlu membeli 1 barang saja untuk mendapat potongan harga.

Nah, di atas adalah cara menghitung diskon. Mudah bukan? Lain kali lebih cermat untuk melihat diskon yang sedang berlaku ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal 5 Perusahaan Decacorn, 1 dari Asia Tenggara

Posted: 08 Mar 2019 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa tahun terakhir, kehadiran startup terus bertambah banyak. Dilansir dari startupranking.com, kini terdapat sekitar 88.736 startup di dunia. Di antara sekian banyak startup tersebut, baru sebagian kecil yang mencapai level unicorn dan decacorn.

Sebagai informasi, unicorn merupakan istilah untuk perusahaan rintisan atau startup yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dollar AS atau Rp 14 triliun. Sementara itu, decacorn adalah startup yang valuasinya 10 kali lipat lebih tinggi daripada unicorn alias lebih dari 10 miliar dollar AS.

Data dari cbinsights.com menunjukkan bahwa per Januari 2019, ada 300 startup unicorn dan 16 startup decacorn di dunia. Sebagian besar startup ini berada di Amerika Serikat dan China, hanya ada sekitar delapan yang berada di Asia Tenggara.

Dari sekian banyak startup unicorn dan decacorn, liputan6.com akan membahas lima perusahaan decacorn yang sudah memiliki capaian besar. Salah satu di antaranya berada di Asia Tenggara, lho!

1. Toutiao

Namanya mungkin masih terdengar asing, tetapi ternyata valuasi aplikasi asal China ini sudah mencapai 75 miliar dollar AS. Toutiao sendiri merupakan aplikasi berita yang diluncurkan oleh perusahaan Bytedance. Salah satu hal yang membuat aplikasi ini begitu berhasil adalah teknologi machine learning yang dimilikinya. Teknologi ini memungkinkan Toutiao dapat mengenali jenis konten yang diminati pengguna setianya, sehingga dapat menampilkan berita sesuai preferensi. Kelebihan ini menjadikannya diminati oleh hampir 600 juta pengguna.

2. WeWork

WeWork mampu melihat bahwa pekerja membutuhkan sebuah tempat kerja yang nyaman dan menyenangkan. Perusahaan ini menjawab kebutuhan masyarakat dengan menyediakan layanan coworking space yang modern dan kekinian untuk para wirausahawan serta startup. Perusahaan asal Amerika Serikat ini pun sudah mulai menyebar ke beberapa negara. Kini, WeWork sudah terdapat di 32 negara dan memiliki valuasi sebesar 47 miliar dollar AS atau Rp 672 triliun.

3. Airbnb

Situs Airbnb memang sudah cukup lama menjadi andalan para wisatawan yang ingin mencari tempat menginap. Melalui situs dan aplikasinya, pengguna dapat mencari dapat memesan penginapan, mulai dari apartemen, villa, bed and breakfast, hingga satu rumah. Layanannnya dapat ditemukan hampir di seluruh kota besar di dunia. Saat ini, valuasi startup asal San Fransisco itu sebesar 29,3 miliar dollar AS atau setara Rp 415 triliun.

4. SpaceX

SpaceX didirikan oleh Elon Musk di Hawthorne, California, Amerika Serikat, pada 2002. Perusahaan ini bergerak di bidang pembuatan roket dan transportasi angkasa. SpaceX telah mengembangkan roket Falcon 1 dan 9, serta wahana antariksa Dragon. Roket Falcon sendiri diciptakan untuk menjadi kendaraan yang dapat dipakai ulang. Dengan berbagai inovasinya itu, SpaceX telah mencapai valuasi sebesar 21,5 miliar dollar AS atau Rp 314 triliun.

5. Grab

Satu-satunya perusahaan decacorn yang berasal dari Asia Tenggara adalah Online-to-Offline (O2O) mobile platform Grab. Sejak mengakuisisi Uber pada 2018, perusahaan ini tak hanya menjadi penyedia jasa transportasi biasa. Grab sebagai Super App terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara. Dengan 130 juta konsumen, terdapat di 336 kota termasuk 222 kota di Indonesia, dan lebih dari 5.000 Grabbers, valuasi Grab sendiri mencapai 11 miliar dollar AS atau Rp 154 triliun.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini dan Hotman Paris Hutapea Baikan di Instagram

Posted: 08 Mar 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Syahrini sempat memutus pertemanan Hotman Paris di akun Instagram. Itu dilakukan setelah tak lama menikah dengan Reino Barack. Tidak diketahui alasan di balik sikap Syahrini ini, namun diduga penyebabnya adalah karena komentar Hotman tentang pernikahannya dengan Reino Barack.

Kabarnya, Hotman Paris merasa kecewa karena tak diundang ke pernikahan Syahrini di Jepang. Meski turut berbahagia, tetapi Hotman sedih karena Syahrini hanya mendekatinya ketika sedang bermasalah dengan hukum saja.

Syahrini sempat meminta maaf kepada Hotman lewat sebuah pesan yang kemudian diunggah oleh pengacara kondang itu di Instagram. Namun setelah itu, mereka berdua saling unfollow di Instagram.

Namun masalah saling unfollow di Instagram ini hanya berlangsung sebentar saja. Dalam hitungan hari, Syahrini kembali follow akun Instagram Hotman Paris Hutapea.

 

Baikan?

Penyanyi Syahrini saat membacakan nominasi bersama pengacara Hotman Paris dalam acara SCTV Music Awards 2018 di Studio 6 Emtek, Jakarta, Jumat (27/4). Selain tampil menyanyi, Syahrini juga ikut membacakan nominasi. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

 

Tepatnya, Syahrini follow akun @hotmanparisofficial pada 6 Maret 2019 lalu. Hal ini sempat diposting Hotman di laman utama akun Instagramnya, namun ia salah menulis bulan. Kala itu Hotman menulis bahwa Syahrini mengikuti akunnya lagi pada Mei 2019.

Tetapi tak lama setelah posting, Hotman menghapus unggahannya itu dari laman utama akun pribadinya. Hal yang sama pun ia lakukan pada postingan lainnya tentang Syahrini.

Kini, Hotman Paris pun sudah follow Syahrini kembali. Lalu apakah saling follow back ini menjadi sebuah tanda bahwa hubungan persahabatan mereka sudah baikan?

 

Berteman

Syahrini dan Hotman Paris Hutapea (Adrian Putra/Bintang.com)

 

Pertemanan Syahrini dan Hotman sendiri sudah berlangsung selama bertahun-tahun. Mereka tidak hanya berurusan soal hukum, tetapi juga punya hobi yang sama, mengoleksi berlian.

Lalu bagaimana hubungan mereka setelah ini? Tunggu saja kabar dari Hotman dan Syahrini berikutnya.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aguero: MU Singkirkan PSG Jadi Peringatan Untuk City

Posted: 08 Mar 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Striker Manchester City, Sergio Aguero, menilai keberhasilan Manchester United menyingkirkan Paris Saint-Germain di Liga Champions jadi peringatan untuk timnya.

United menang dramatis 3-1 atas tuan rumah PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. Dengan hasil ini, agregat skor jadi 3-3 (PSG menang 2-0) di leg pertama. Tapi, Setan Merah unggul agersivitas gol di kandang lawan dan lolos ke perempat final.

Aguero ingin City belajar dari kesalahan PSG. Ia tak mau timnya lengah melawan Schalke 04. Pada leg pertama, The Citizens memetik kemenangan 3-2 di markas lawan.

"Melihat hasil baru-baru ini, City harus sangat berhati-hati. Kami melihat hal-hal aneh terjadi minggu ini dan itu membantu kami untuk mengetahui bahwa kami harus sangat fokus pada bagaimana kami bemain di kandang pekan depan," kata Aguero kepada ESPN.

 

 

Banyak Kejutan

(AFP/Paul Ellis)

"Ada begitu banyak hasil yang tidak terduga. PSG memiliki keunggulan baik setelah menang di Manchester dan Anda melihat bagaimana United lolos. Liga Champions sangat sulit, semua tim sangat bagus. Dalam kompetisi panjang seperti Liga Premier, Anda bisa membiarkan diri Anda melakukan beberapa kesalahan, tetapi di Liga Champions tidak bisa."

"Anda harus sangat fokus, hati-hati dengan bola mati dan pada semua detail kecil," Aguero menambahkan.

Statistik Aguero

Aguero sendiri sudah membela City dalam 34 pertandingan musim ini. Pemain Argentina itu juga menyumbangkan 25 gol dan lima assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengisi Pulsa Listrik yang Mudah Banget, Makin Hemat Energi

Posted: 08 Mar 2019 10:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Listrik merupakan salah satu energi yang sangat penting bagi kehidupan-sehari. Masyarakat memanfaatkan energi listrik untuk berbagai keperluan baku seperti urusan rumah, kantor, sekolah, supermarket bahkan sampai kebutuhan pribadi seperti mengisi daya gadget.

Beberapa peralatan elektronik lainnya yang membutuhkan energi listrik seperti kulkas, mesin cuci, televisi, lampu rumah, AC, komputer, laptop, gadget, oven, setrika, rice cooker dan masih banyak lagi. Dengan adanya listrik kegiatan dan kebutuhan sehari-hari akan mudah terpenuhi.

PLN Sediakan Listrik Pintar atau Prabayar

Jika dulu banyak masyarakat yang menggunakan layanan pascabayar, kini Perusahaan Listrik Negara atau PLN menyediakan pelayanan listrik pintar atau listrik prabayar. Layanan listrik pascabayar dirasakan oleh masyarakat di mana pelanggan menggunakan listrik terlebih dahulu kemudian akan membayar tagihan listrik sesuai dengan penggunaannya setiap bulan.

Berbeda dengan listrik pintar atau prabayar, pelanggan terlebih dahulu membeli listrik dan membayarnya yang kemudian listrik bisa digunakan sesuai dengan nominal yang dibeli. Menggunakan listrik prabayar ini, kamu bisa dengan bebas mengisi listrik kapan saja.

Kamu bisa membeli listrik tersebut melalui minimarket atau supermarket terdekat yang menyediakan penjualan pulsa listrik tersebut. Kamu akan diberi nomor unik yang diserahkan dari penjual ke dalam Meter Prabayar atau MPB yang tertera di tempat kamu melalui sistem 'token' atau pulsa.

Listrik pintar atau listrik prabayar ini memang masih terbilang pelayanan baru dari PLN. Sebagian orang masih belum mengenal cara penggunaan listrik prabayar ini. Bagi kamu yang masih belum tahu cara mengisi pulsa listrik, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2019).

Cara Mengisi Pulsa Listrik

Kamu bisa menemukan tempat yang menjual pulsa listrik seperti di kantor pos, minimarket, supermarket, penjual pulsa, bank atau loket penjual vocher listrik lainnya. Bagi kamu yang baru pertama kali ingin membeli pulsa listrik, kamu perlu membawa kartu identitas pengguna listrik prabayar.

Pada kartu identitas pengguna listrik prabayar, terdapat digit angka yang akan menjadi tujuan listrik yang akan kamu beli. Digit angka tersebut adalah kode token listrik milikmu. Cara mengisi pulsa listrik dapat kamu simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Beri kode token listrikmu kepada penjual voucher pulsa listrik. Setelah itu kamu akan mendapatkan struk yang berisi 20 angka kode token listrik.

2. Masukkan 20 angka kode token listrik pada struk tersebut ke meteran listrikmu. Caranya kamu langsung ketikkan 20 angka token listrik lalu tekan tombol 'enter'.

3. Jika salah mengetikkan kode tokenmu, kamu cukup hapus dengan menekan tombol 'backspace'.

4. Jika setelah kamu masukkan 20 angka dan menekan 'enter' muncul tulisan 'Benar' atau 'Accept', maka kode yang kamu masukkan benar dan kemudian akan ditampilkan pda layar MPB jumlah nilai kwh dan daya yang kamu beli.

5. Jika setelah kamu masukkan 20 angka token listrik dan muncul tulisan 'Salah' atau 'Reject' ada kemungkinan kamu memasukkan 20 angka pulsa tersebut salah. Kamu perlu berhati-hati dalam memasukkan kode tersebut agar berhasil.

6. Selesai.

Bagaimana, mudah bukan cara mengisi pulsa listrik?

 

Saran Penggunaan Listrik Pintar

Disarankan bagi kamu untuk menyimpan struk pembelian token listrik tadi. Jika dikemudian hari akan membeli pulsa listrik lagi, kamu cukup membawa struk tersebut tanpa harus membawa kartu identitas pengguna listrik. Biasanya di dalam struk telah tertera nomor identitas (idpel/id pelanggan) penggunaan listrikmu.

Para penjual voucher pulsa listrik menyediakan enam macam nominal yang bisa kamu beli yaitu mulai daari Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, Rp 100 ribu, Rp 200 ribu, Rp 500 ribu dan Rp 1 juta. Jika listrikmu akan habis, biasanya MPB akan mengeluarkan bunyi dan lampu akan berkedip merah. Hal tersebut sebagai pertanda bahwa jumlah kilowatt hour sudah hampir habis.

Listrik prabayar akan membuat masyarakat hemat energi

Direktur Bisnis dan Manajemen Resiko (BMR) PLN, Murtaqi Syamsuddin mengungkapkan bahwa listrik prabayar memiliki keuntungan yaitu lebih memudahkan dalam pembayaran listrik dan mengetahui pemakaian secara rinci sehingga lebih hemat listrik.

"Bagus untuk pelanggan bisa mengetahui pemakaian," kata Murtaqi, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2015) lalu.

Manfaat lain pun yang dirasakan oleh PLN adalah perusahaan listrik negara ini akan dapat mengetahui lebih akurat dan efisien dalam pencatatan pengunaan listrik pelanggannya. Jadi sangat kecil kemungkinan adanya kesalahan pencatatan. PLN tidak perlu lagi menugaskan pegawainya untuk mencatat penggunaan meteran pelanggan ke rumah-rumah.

Demikian penjelasan tentang cara mengisi pulsa listrik dan manfaatnya yang bisa kamu rasakan jika menggunakan listrik prabayar. Disarankan kamu untuk mengisi pulsa listrik setiap bulan seperti cara mengisi pulsa listrik diatas.

Hal ini agar kamu tidak mengalami kehabisan pulsa listrik pada tengah malam. Walaupun hal tersebut terjadi, kamu bisa juga membeli pulsa listrik secara online melalui online shop atau melalu e-banking yang menyediakan pelayanan pembelian vocher pulsa listrik. Saat ini sudah ada sekitar 58 bank yang telah bekerja sama dengan PLN sehingga kamu tak perlu khawatir untuk membli pulsa listrik diwaktu terdesak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Hentikan Laporan Eggi Sudjana Terhadap Jokowi

Posted: 08 Mar 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tidak meneruskan laporan Eggi Sudjana terhadap capres 01 Joko Widodo atau Jokowi. Laporan Eggi tersebut terkait data impor pangan dan kebakaran hutan Jokowi yang disampaikan ketika debat kedua.

Penghentian penanganan laporan itu tertuang dalam surat pemberitahuan tentang status laporan yang ditandatangani Ketua Bawaslu RI Abhan, tertanggal 6 Maret 2019. Adapun putusan dalam surat tersebut tertulis "Tidak Dapat Ditindaklanjuti".

Pada rilisnya, Sabtu (9/3/2019), Bawaslu menilai Jokowi tidak memenuhi unsur pelanggaran Pemilu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 280 ayat (1) huruf b, c, d, dan e Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Laporan itu atas nama Muhidin Jalih dkk dengan Nomor 20/LP/PP/RI/00.00/II/2019.

Sebelumnya, Eggi Sudjana dan kawan-kawan melaporkan Jokowi melalui kelompok Aktivis Koalisi Masyarakat Anti Hoax ke Bawaslu pada 19 Februari 2019.

Eggi Sudjana dkk menilai Jokowi memberikan pernyataan bohong terkait impor jagung dan kebakaran hutan ketika debat kedua Pilpres 2019. Karenanya, mantan gubernur DKI Jakarta itu dianggap melakukan pelanggaran Pemilu.

 

Buntutnya, Eggi Laporkan Ketua Bawaslu

Eggi menempuh jalur hukum lain terhadap Bawaslu. Ketua Bawaslu Abhan dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Kuasa Hukum Koalisi Aktivis Masyarakat Anti Hoaks Pitra Romadoni Nasution mengatakan, Abhan yang ia laporkan karena diduga telah menyalahgunakan jabatannya dalam hal ini sebagai Ketua Bawaslu RI.

"Di mana kita hadir di Bareskrim Mabes Polri atas kekecewaan kita terhadap Bawaslu yang kurang profesional dalam menangani kasus terhadap capres 01 dalam dugaan kebohongan publik. Dan yang kita laporkan adalah saudara Abhan, selaku Ketua Bawaslu," kata Pitra di Kantor Bareskrim Mabes Polri, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat 8 Maret 2019.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Beri Diskon Tambah Daya Listrik hingga 100 Persen

Posted: 08 Mar 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memberikan diskon untuk pelanggan yang akan melakukan penambahan daya listrik. Diskon tersebut diberikan mulai dari daya 220 VA sampai dengan 197 kVA. 

"PLN ingin memberikan kenyamanan kepada pelanggan untuk lebih leluasa dalam memanfaatkan listrik," ungkap General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Ikhsan Asaad, Sabtu (9/3/2019).

Tambah daya diskon ini berlaku di seluruh Indonesia dengan ketentuan sudah menjadi pelanggan PLN sejak 1 Februari 2019, tanpa perubahan fasa, tanpa migrasi dari pascabayar ke prabayar atau sebaliknya, dan tanpa mengubah golongan tarif peruntukannya.

"Sebelum proses tambah daya, pelanggan terlebih dahulu melunasi tagihan listrik bulan berjalan," tambah Ikhsan.

Pelanggan akan dilayani dengan same day service dengan kondisi penambahan daya tersebut tidak memerlukan uprating trafo dan perluasan jaringan, tidak memerlukan pembangunan gardu listrik baru, serta tanpa pemasangan/penggantian CT (Current Transformer).

Terdapat tiga kategori diskon yaitu 50 persen, 75 persen, dan 100 persen dengan rincian sebagai berikut:

1. Diskon 50 persen bagi semua pelanggan PLN yang berlaku 1 Maret 2019 - 30 April 2019 dengan mendaftar di Contact Center 123, PLN Mobile, Website www.pln.co.id, maupun di kantor PLN terdekat.

2. Diskon 75 persen bagi pelanggan PLN yang memiliki kompor listrik atau motor listrik, berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Pelanggan mendaftar di kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian kompor maupun motor listrik.

3. Diskon 100 persen bagi pelanggan PLN yang mempunyai mobil listrik, berlaku 1 Maret 2019 - 31 Desember 2019. Pelanggan mendaftar di kantor PLN terdekat dengan membawa bukti kepemilikan atau pembelian mobil listrik.

 

Pemerintah Beri Lampu Hijau Rencana Diskon Tarif dan Penyambungan Listrik PLN

Suasana ruang panel listrik di Rusun Benhil, Jakarta, Kamis (5/11/2015). Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, per 1 Januari 2016, harga tarif listrik pelanggan 450 VA akan tetap dan tidak berubah, yakni Rp415 per kWh. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) memberikan lampu hijau ke PLN, untuk melaksanakan program diskon tarif listrik dan peningkatan daya.

Direktur Jenderal Ketenaga Listrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Andy Noorsaman Sommeng mengatakan, PLN beri diskon penambahan daya pelanggan merupakan aksi korporasi. Oleh karena itu, tidak perlu mendapat persetujuan pemerintah.

"Kalau diskon itu aksi korporasi. ‎Itu pasti," kata Andy, di Jakarta, Selasa 12 Februari 2019.

Andy menuturkan, program promo diskon penambahan daya sudah rutin dilakukan PLN. Pemerintah pun tidak perlu ‎mempermasalahkan rencana tersebut.

"Kalau dia mau aksi korporasi sendiri ya silahkan. Seperti diskon 17 Agustus. Enggak masalah itu aksi korporasi," tutur dia.

Sedangkan diskon tarif untuk pengguna kendaraan listrik, atas penggunaan listrik tengah malam, Andy juga menilai hal tersebut merupakan aksi korporasi, sehingga tidak perlu menunggu peraturan presiden tentang kendaraan listrik.

‎"Sekarang juga boleh itu meningkatkan penjualan, bagian dari program dia. Misalnya beli token berapa dapat bonus. Ini aksi korporasi," ujar dia.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kandidat Terlalu Ganteng, Juragan Durian Batalkan Sayembara Cari Menantu

Posted: 08 Mar 2019 10:03 PM PST

Liputan6.com, Bangkok - Juragan durian Thailand, Arnon Rodthong (58), membatalkan sayembara untuk mencari jodoh bagi putri bungsunya, serta mengatakan bahwa perhatian publik menjadi terlalu mengganggu bagi keluarga dan bisnisnya.

Lebih dari 10.000 orang pria melamar. Mereka datang tidak hanya datang dari Thailand, tapi juga luar negeri.

Dari sekian banyak pelamar, muncul nama Premyosapon Khongsai yang berusia 28, di mana menjadi kandidat favorit media sosial, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Sabtu (9/3/2019).

Menurut situs Coconuts Bangkok, Khongsai mengajukan diri dalam sebuah komentar di salah satu unggahan Facebook Arnon, dan memperoleh sekitar 14.000 tanda suka hanya dalam beberapa hari.

Dalam unggahan foto dirinya, Khongsai menulis: "Saya tertarik. Saya berusia 28 tahun. Keluarga saya juga menanam durian di provinsi Trat. Kami memiliki lebih dari 300 pohon ... Saya dapat mengurus baik saat cuaca panas ataupun hujan. Saya dapat mengemudi sebuah truk dan traktor 10 roda. Tolong pertimbangkan saya, Bapak Arnon. Terima kasih."

Sementara Karnsita mengatakan bahwa Khongsai "sangat manis," ayahnya memiliki pendapat berbeda.

Arnon dilaporkan mengatakan kepada media Thailand: "Khongsai tidak cocok untuk saya karena dia terlalu tampan. Dia mungkin menghancurkan hati putri saya."

Karnsita, yang disebut hanya pernah memiliki seorang kekasih dalam hidupnya, juga mengatakan bahwa sayembara tersebut sengaja dihentikan, karena berujung konyol setelah viral.

"Saya akan memberi keputusan akhir, terlepas dari hasil sayembara," tambah putri juragan Thailand itu. 

 

Simak video pilihan berikut:

Sayembara dengan Hadiah Melimpah

Juragan durian buat sayembara (foto: Kwong Wah)

Arnon Rodthong, yang mengelola dua pasar durian di Provinsi Chumphon, menjadi pemberitaan utama setelah mengumumkan sayembara untuk mencari calon suami bagi putrinya, Karnsita Rodthong, yang berusia 26 tahun.

Dalam sebuah unggahan di Facebook, lelaki berusia 58 tahun itu mengundang pelamar yang tertarik untuk bekerja di perkebunan durian selama tiga bulan, dan nantinya akan dipilih hanya satu orang yang bertahan.

Dia juga menawarkan hadiah uang tunai senilai 10 juta baht (setara Rp 4,5 miliar), 10 kendaraan, sebuah rumah, dan kerajaan duriannya kepada orang yang bisa memenangkan hati putrinya.

Namun, pada Rabu 6 Maret, Arnon secara resmi membatalkan sayembara tersebut, meskipun dia masih berniat untuk memberikan hadiah kepada menantunya yang akan datang.

Di lain pihak, menurut laporan media lokal, seorang pengacara mengatakan bahwa Arnon dapat menghadapi masalah hukum jika sayembara itu terbukti sebagai aksi publisitas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Warga Dunia Peringati Hari Perempuan Internasional

Posted: 08 Mar 2019 10:01 PM PST

Tiga wanita membawa pesan bertuliskan 'Lihat bagaimana kita berakhir' saat menggelar demonstrasi memperingati Hari Perempuan Internasional di Buenos Aires, Argentina, Jumat (8/3). (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Tiga wanita membawa pesan bertuliskan 'Lihat bagaimana kita berakhir' saat menggelar demonstrasi memperingati Hari Perempuan Internasional di Buenos Aires, Argentina, Jumat (8/3). (AP Photo/Natacha Pisarenko)

Polisi wanita Pakistan menggelar demonstrasi untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Lahore, Jumat (8/3). Mereka melawan kesenjangan upah dan kekerasan gender. (AP Photo/K.M. Chaudary)

Polisi wanita Pakistan menggelar demonstrasi untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Lahore, Jumat (8/3). Mereka melawan kesenjangan upah dan kekerasan gender. (AP Photo/K.M. Chaudary)

Seniman Afghanistan menggambar mural pada pagar Kementerian Urusan Perempuan saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Kabul, Jumat (8/3). (AP Photo/Rahmat Gul)

Seniman Afghanistan menggambar mural pada pagar Kementerian Urusan Perempuan saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Kabul, Jumat (8/3). (AP Photo/Rahmat Gul)

Seorang aktivis menempelkan logo merek-merek internasional pada tubuhnya saat memperingati Hari Perempuan Internasional Place de la Republique, Paris, Jumat (8/3). (Alain JOCARD/AFP)

Seorang aktivis menempelkan logo merek-merek internasional pada tubuhnya saat memperingati Hari Perempuan Internasional Place de la Republique, Paris, Jumat (8/3). (Alain JOCARD/AFP)

Ribuan orang berkumpul saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Madrid, spanyol, Jumat (8/3). Hari Perempuan Internasional diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia. (AP Photo/Bernat Armangue)

Ribuan orang berkumpul saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Madrid, spanyol, Jumat (8/3). Hari Perempuan Internasional diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia. (AP Photo/Bernat Armangue)

Ribuan orang berkumpul saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Oslo, Norwegia, Jumat (8/3). Hari Perempuan Internasional diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia. (Hakon Mosvold Larsen/NTB Scanpix via AP)

Ribuan orang berkumpul saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Oslo, Norwegia, Jumat (8/3). Hari Perempuan Internasional diperingati oleh jutaan orang di seluruh dunia. (Hakon Mosvold Larsen/NTB Scanpix via AP)

Ratusan aktivis perempuan dari 65 organisasi kemasyarakatan memperingati Hari Perempuan Internasional di depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/3). Aksi mengusung Panggung Politik Perempuan Independen. (merdeka.com/Arie Basuki)

Ratusan aktivis perempuan dari 65 organisasi kemasyarakatan memperingati Hari Perempuan Internasional di depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/3). Aksi mengusung Panggung Politik Perempuan Independen. (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imbauan Kodam Cenderawasih untuk Warga Terkait Ancaman KKB di Papua

Posted: 08 Mar 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Timika - Jajaran Kodam XVII/Cenderawasih mengimbau seluruh masyarakat di wilayah Kabupaten Nduga dan sekitarnya agar tidak perlu takut berlebihan menghadapi ancaman Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) sebagaimana dinyatakan melalui media sosial beberapa waktu lalu.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kol Inf Muhammad Aidi menegaskan, tidak dibenarkan ada kelompok atau organisasi apapun dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang memberikan ancaman kepada warga negara.

TNI, katanya, akan berada pada garis terdepan untuk menghadapi setiap ancaman yang membahayakan kehidupan rakyat, termasuk di wilayah Papua.

"Kita sikapi ancaman atau teror-teror semacam itu dengan tetap waspada tapi tidak perlu takut secara berlebihan. Sebab teror psikis yang mereka lakukan itu untuk menimbulkan keresahan dan ketakutan di kalangan rakyat," kata Kolonel Aidi di Timika, Jumat (8/3/2019) dilansir Antara.

Kapendam meminta warga di Kabupaten Nduga agar mengaktifkan pengamanan swakarsa serta aktif berkoordinasi dengan aparat keamanan terdekat jika melakukan aktivitas.

Beberapa waktu lalu, katanya, Pemkab Nduga mengirim sejumlah guru untuk mengajar di wilayah Mapenduma tanpa terlebih dahulu berkoordinasi dengan aparat keamanan TNI dan Polri untuk menjamin keamanan dan keselamatan mereka.

Berselang beberapa hari setelah itu, guru-guru yang baru dikirim Pemkab Nduga itu disekap, bahkan seorang ibu guru mengalami perlakuan tidak manusiawi lantaran diperkosa oleh anggota KKSB pimpinan Egianus Kogoya.

"Semua aktivitas yang dilakukan, baik oleh pemerintah daerah maupun warga, sebaiknya dikoordinasikan terlebih dahulu dengan aparat keamanan. Jangan sampai sudah terjadi masalah, baru diinformasikan kepada aparat," kata Aidi.

Situasi keamanan di Kabupaten Nduga hingga kini masih terus bergolak sejak peristiwa pembantaian belasan pekerja PT Istaka Karya oleh KKSB pada awal Januari. Para pekerja PT Istaka Karya yang dibunuh tersebut terlibat dalam pekerjaan pembangunan Jalan Trans Papua.

Pada Kamis (7/3), tiga orang prajurit TNI gugur saat kontak tembak dengan KKSB di Nduga pimpinan Egianus Kogoya. Kontak tembak tersebut terjadi di Distrik Mugi Kabupaten Nduga.

Ketiga prajurit TNI yang gugur atas nama Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin dan Serda Siswanto Bayu Aji.

Jenazah ketiga prajurit TNI tersebut telah diterbangkan ke kampung halaman mereka masing-masing pada Jumat siang. Jenazah Serda Mirwariyadin asal NTB dan Serda Siswanto Bayu Aji asal Grobokan Jawa Tengah diterbangkan dengan pesawat Garuda Indonesia dari Timika menuju Denpasar dan Jakarta pada pukul 10:30 WIT.

Sementara jenazah Serda Yusdin asal Palopo, Sulawesi Selatan diterbangkan dengan pesawat Sriwijaya Air dari Timika, Papua menuju Makassar pada pukul 12:00 WIT.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Kalimat Menenangkan Anak yang Marah

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Marah, sedih, kecewa juga dialami anak-anak. Bahkan saat emosi-emosi tersebut memuncak sulit bagi orangtua untuk mengontrol buah hati.

Ketenangan adalah kunci menghadapi hal itu. Lalu, bantu si kecil mengenali emosi dan mengeluarkannya secara 'sehat'.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan melontarkan ucapan-ucapan menenangkan berikut seperti dilansir Nurture.

1. Tidak apa-apa kalau sedih/marah/ kecewa

Hal pertama yang harus kita latih adalah membiasakan anak untuk mengeluarkan dan menyampaikan emosi serta apa yang ia rasakan. Pengalaman mengalaminya adalah yang paling berbekas bagi anak. Ketika anak mengalaminya lagi, ia sudah tahu rasanya dan bakal mencari tahu bagaimana mengatasinya.

2. Mama/papa dengar kamu, enggak ditinggal kok

Saat emosi memuncak, hal yang paling dibutuhkan anak adalah didengarkan dan ditemani. Bukan dengan segera 'memperbaiki' apa yang dirasakannya. Saat si kecil sedang sangat sedih, temani saja di sampingnya, tawarkan pelukan hangat. Itu sangat efektif menenangkannya.

 

3. Boleh marah/ kecewa tapi tak boleh menyakiti orang lain

Ilustrasi anak menangis (iStockphoto)

 

Biarkan anak mengeluarkan emosinya dengan cara apapun, menangis, berteriak, berguling-guling, tapi jangan biarkan jika ia menyakiti orang lain. Ajarkan anak untuk mengeluarkan emosinya dengan tidak merusak.

4. Duduk dan tarik napas, yuk

Menarik napas panjang lewat hidung dan mengeluarkannya secara perlahan lewat mulut jadi salah satu teknik mengurangi level emosi yang cukup signifikan. Teknik ini sudah bisa disajarkan pada balita usia 3 tahun.

Ajarkan si kecil untuk menarik napas panjang. Saat menangis atau marah, minta ia melakukannya. Ajak juga ia duduk jika dalam kondisi berdiri. Dengan begitu ia belajar bagaimana teknik menenangkan dirinya.

 

Penulis: Mutia/Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamu Terlalu Posesif pada Pasangan? Ini Langkah Jitu Mengatasinya

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki sifat posesif tentu akan memperburuk hubunganmu dengan pasangan, bahkan akan membawa hubunganmu menuju ke jurang perpisahan. Kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan?

Masih ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar keluar dari bayang-bayang sifat posesif yang kamu miliki. Penasaran seperti apa? Berikut sejumlah caranya, seperti melansir dari Inspiringtips, Sabtu (9/3/2019).

1. Jangan membawa masalah masa lalu

Mengetahui masa lalu pasangan adalah hal yang wajib dilakukan. Namun, jika kamu terlalu melakukannya secara berlebihan maka hal itu menjadi tidak sehati di dalam hubungan. Fokuslah terhadap masa depanmu dengan pasangan. Jika pasanganmu masih berhubungan baik dengan sang mantan, janganlah terburu-buru terbakar api cemburu. Komunikasikanlah hal ini secara terbuka dengan pasanganmu.

2. Jangan biarkan paranoid menghantui

Ada beberapa pasangan yang jika tidak melihat pasangannya sebentar saja, mereka langsung akan merasakan ketakutan yang berlebih. Mereka takut jika pasangannya sedang bersama orang lain, atau bahkan menggoda orang lain.

Paranoid atau rasa ketakutan berlebihan ini akan membawa dampak buruk padamu dan juga pasanganmu. Sebaliknya, biarkanlah pasanganmu bebas melakukan aktifitasnya. Cobalah untuk percaya dengan apa yang pasanganmu lakukan. Maka pasanganmu juga akan menghormati dan makin menyayangimu.

3. Nikmatilah hidupmu

Traveloka menghadirkan PayLater untuk mewujudkan rencana travelling kamu dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit.

Alasan lain yang menyebabkan kamu menjadi pasangan yang posesif adalah kamu menggantungkan hidupmu di sekeliling bayang-bayang pasangan. Ingatlah, kamu dan pasangan adalah orang yang berbeda. Kamu dan pasangan punya kehidupan dan kesibukan masing-masing.

Lakukanlah dan nikmati kesibukanmu dengan pekerjaan dan hobimu. Pergilah dan luangkan waktu bersama dengan keluarga dan teman-temanmu. Pasanganmu juga membutuhkan hal yang sama.

4. Jangan terlalu cemburu

Memiliki rasa yang cemburu merupakan hal yang lumrah, karena itu merupakan sifat emosi manusia. Namun jangan jadikah hal ini sebagai unsur yang akan merusak hubungan kamu, ya. Daripada berpikir untuk cemburu, lebih baik pikirkanlah masa depan yang ingin kamu rancang bersama pasangan, ingatlah perjuanganmu dan pasangan dari awal kalian bersama.

5. Berkenalanlah dengan semua teman-teman pasanganmu

Ketika kamu posesif, kamu bahkan melarangnya untuk keluar bersama teman-temannya. Hal ini merupakan hal yang buruk bagi pasanganmu, karena dia akan merasa dikekang dan berada dibawah kontrolmu. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa mencari tahu siapa saja teman-teman yang sering bersamanya, walaupun kamu sebenarnya tidak terlalu nyaman bersama mereka.

6. Jangan mencoba merubah sifat pasanganmu

Foto ilustrasi. Livestrong

Kamu dan pasangan merupakan pribadi yang berbeda dan memiliki sifat dan pandangan hidup yang berbeda pula. Hormatilah dan terima dengan tulus kelebihan serta kekurangannya. Jika ada dari sifatnya yang kamu tidak suka, komunikasikanlah secara baik-baik dengan pasanganmu, sehingga ia pun juga mengerti bagaimana memahamimu.

7. Cobalah percaya kepada pasangan

Menjadi pasangan yang posesif tidak terlepas dari kurangnya kepercayaanmu terhadap pasangan. Padahal, belajar untuk percaya dengan pasanganmu akan memperkuat hubungan dan dapat melihat kedepan masa depan berdua. Kamu harus percaya bahwa ia melakukan hal yang sama, mempertahankan hubungan bersama. Kamu juga harus meyakini dan mempercayai dirimu bahwa kamu bisa lepas dari sifat posesif dan percaya kepadanya.

8. Jangan membuat masalah menjadi rumit

Menjalani hubungan tidak bisa lepas dari masalah dan kesalahpahaman. Masalah inilah yang menjadi tolak ukur bagaimana kerja sama kalian berdua dalam mempertahankan hubungan kalian dan berusaha untuk menyelesaikan masalah secara bersama. Janganlah terburu-buru terbakar rasa amarah dan memutuskan sesuatu yang dapat membahayakan hubunganmu.

Selamat mempraktIkan dan selamatkan hubunganmu!

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan 3 Striker Muda Kelas Dunia, Marcus Rashford Termasuk

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Setelah melewati pertengahan musim 2018-19, sudah banyak penyerang yang tampil luar biasa pada musim ini. Beberapa di antaranya bahkan masih berusia sangat muda, termasuk striker Manchester United, Marcus Rashford.

Marcus Rashford penyerang multiguna. Dia bukan hanya dapat diturunkan sebagai penyerang tengah, beberapa kali pemain asal Inggris ini diturunkan sebagai winger. 

Bermain sebagai penyerang tengah jelas mampunyai banyak tantangan. Bagi yang masih berusia muda tentu sangat sulit menjadi pemain yang dituntut paling banyak untuk mencetak gol bagi tim.

Musim ini ada beberapa penyerang muda yang mampu tampil cemerlang bersama timnya masing-masing. Tidak salah bila kiranya kita memasukkan Marcus Rashford dalam daftar striker muda kelas dunia. 

Bukan tidak mungkin mereka akan menjadi bintang besar dalam beberapa tahun lagi. Berikut ini tiga penyerang muda terbaik dalam dunia sepak bola saat ini seperti dilansir Sportskeeda

3. Luka Jovic (Frankfurt)

Striker Frankfurt, Luka Jovic. (AFP/Filippo Monteforte)

Luka Jovic tampil tajam untuk Eintracht Frankfurt di Bundesliga musim ini. Pemain berusia 21 tahun itu mencuri perhatian di Bundesliga dan merupakan bagian dari trio penyerang Eintracht Frankfurt yang luar biasa.

Jovic memiliki bakat besar dan mampu mencetak gol untuk timnya. Saat ini sedang menjalani masa pinjaman di Frankfurt, Jovic mungkin akan menarik minat sejumlah tim top Eropa pada musim panas mendatang.

Dalam hal statistik di Bundesliga musim ini, Jovic sudah mencetak 14 gol dan membuat empat assist dengan akurasi tembakan 55 persen. Dia sudah memenangkan 46 persen duel udara dan rata-rata mengemas satu gol setiap 94 menit.

2. Marcus Rashford (Manchester United)

Striker Manchester United, Marcus Rashford, merayakan gol. (AFP/Lindsey Parnaby)

Marcus Rashford sempat mengalami kesulitan pada masa kepemimpinan Jose Mourinho di Manchester United. Namun, bintang berusia 21 tahun itu kini sudah menikmati permainan sepak bolanya di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

Rashford sedang berada dalam permainan terbaiknya musim ini dan terlihat mematikan di bawah arahan manajer baru. Karena performanya yang sangat impresif itu, Rashford kini menjadi striker utama Setan Merah dengan menggeser Romelu Lukaku.

Dalam hal statistik di Premier League musim ini, Rashford sudah mencetak 9 gol dan membuat 7 assist dengan akurasi tembakan 68 persen. Dia memenangkan 43 persen duel udara dan rata-rata mengemas satu gol setiap 169 menit.

1. Kylian Mbappe (PSG)

Striker Paris Saint-Germain (PSG), Kylian Mbappe. (AFP/Paul Ellis)

Bintang PSG Kylian Mbappe tampil sangat mengesankan di pentas domestik dan di Eropa musim ini. Pemain berusia 20 tahun itu sekarang mengungguli Edinson Cavani dan Neymar dalam hal kontribusi gol.

Mbappe sangat cepat dan pergerakannya bisa menjadi mimpi buruk bagi pemain belakang lawan. Mbappe sudah menjadi juara dunia di usia yang masih sangat muda dan pasti akan berkembang menjadi penyerang kelas dunia dalam beberapa tahun lagi.

Dalam hal statistik di Ligue 1 musim ini, Mbappe sudah mencetak 19 gol dan membuat 8 assist dengan akurasi tembakan 74 persen. Dia memenangkan 33 persen duel udara dan rata-rata mengemas satu gol setiap 74 menit.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamu Bisa Main Gim PS4 di iPhone dan iPad Pakai Remote Play, Tapi...

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini, Sony Interactive Entertainment (Sony) meluncurkan pembaruan untuk konsol gim PlayStation 4 (PS4).

Pada update software versi 6.50 tersebut, perusahaan menghadirkan fitur yang memungkinkan gamer bermain gim PS4 secara remote berbekal iPhone atau iPad.

Untuk bisa bermain gim PS4 menggunakan perangkat iOS, yang kamu harus lakukan adalah mengunduh aplikasi Remote Play di App Store, dan pairing ke konsol, sebagaimana dikutip dari laman Endgadget, Sabtu (9/3/2019).

Perlu diingat, tidak semua gim PS4 bisa dimainkan menggunakan perangkat iOS via Remote Play.

Berhubung kamu bakal memainkan gim PS4 secara wireless dan mengandalkan WiFi, pastikan koneksi internet yang digunakan memang stabil dan kuat.

Karena terhubung dengan satu jaringan, kamu bakal tidak bisa menggunakan Remote Play untuk bermain gim PS4 lewat jaringan data seluler.

Lalu bagaimana dengan pengguna Android? Perusahaan hingga saat ini belum memberikan kepastian tentang kapan aplikasi Remote Play hadir di OS milik Google tersebut.

 

Pertama Kali Dirilis 2013

Harga PS4 Pro? (Doc: Engadget)

Lebih lanjut, Remote Play awalnya diperkenalkan pada 2013. Lewat fitur ini, gamer dapat streaming gim di konsol PS4 ke perangkat PlayStation Vita.

Pada akhir 2016, Sony akhirnya memutuskan untuk merilis aplikasi Remote Play untuk sistem operasi, seperti Windows dan Mac.

Meskipun Sony belum mengumumkan versi Android, keberadaan aplikasi tersebut di deretan smartphone Sony Xperia secara eksklusif menunjukkan Remote Play tidak ada hambatan secara teknis.

(Ysl)/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Kezia Toemion Resmi Menikah dengan Cucu Soeharto

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari keluarga Cendana. Salah satu cucu mantan presiden Soeharto, Aditya Trihatmanto, baru saja resmi menikah dengan Kezia Toemion.

Kabar bahagia itu terlihat dalam foto yang diunggah Kezia Toemion di sosial media. Dari foto tersebut, keduanya tampak bergandengan tangan membelakangi kamera. Namun mereka berhadapan dan saling tatap. Tak hanya Kezia saja, Varsha Strauss istri dari Panji Trihatmodjo juga membagikan momen bahagia itu.

Pernikahan tersebut digelar dengan adat Jawa. Kezia Toemion tampak cantik dengan kebaya putih yang ia kenakan.

Seperti yang diungkap oleh Kezia Toemion, keduanya telah menjalin hubungan cukup lama. Dia dan Aditya Trihatmanto mulai pacaran sejak usia 16 tahun. Dan kini mereka pun telah resmi menjadi suami istri.

"I have loved you since we were 16 until infinity baby," tulis Kezia dalam caption.

Anak Bungsu

Aditya Trihatmanto merupakan anak bungsu dari pasangan Bambang Trihatmodjo dan Halimah Agustina, yang juga adik dari Panji Trihatmodjo. Ya, walau seperti yang kita tahu jika keduanya telah memutuskan untuk berpisah. Bambang pun kini hidup bersama penyanyi Mayangsari.

Kezia Toemion adalah sosok wanita mandiri. Ia adalah pendiri kosmestik bernama Esqa yang mana telah ia rintis bersama sahabatnya dari 2016 silam. (Galuh Esti Nugraini/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Jesica Fitriana Martasari, Runner Up 2 Puteri Indonesia 2019

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jesica Fitriana Martasari terpilih menjadi Runner Up 2 Puteri Indonesia dalam ajang penobatan Puteri Indonesia 2019 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Jumat, 8 Maret 2019.

Jesica lahir di Jawa Barat, 31 Maret 1995. Sejak kecil ia sudah mempunyai impian menjadi Puteri Indonesia. Perempuan yang lulus dari Institut Teknologi Bogor (ITB) itu aktif dan fokus pada ADHA (Anak dengan HIV/AIDS).

Dalam sebuah unggahannya, Jesica sempat dibully sebelum mengikuti ajang Puteri Indonesia. Hal itu yang membuatnya sedih dan hanya terdiam.

"Gendut, pendek, jelek, dan dibully. Ya, itulah hal yang pernah saya alami dulu. Sedih dan hanya bisa terdiam menerima semua perkataan tersebut," tulis Jesica dalam unggahannya pada 13 Februari 2019 lalu.

Namun, hal ini juga yang membuat Jesica bangkit dan memiliki motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Di saat orang lain mem-bully-nya, di situ ia belajar untuk mencintai dan menghargai dirinya dan inilah pembelajaran yang paling berharga yang ia dapatkan dari pengalamannya sendiri.

"Terlebih lagi ketika saya menonton tayangan Puteri Indonesia, terinspirasi melihat wanita-wanita cantik yang berwibawa dan berprestasi untuk mengharumkan nama bangsa. Sejak saat itu saya terinspirasi untuk merubah pola hidup saya menjadi lebih baik dengan rajin berolahraga, mengatur pola makan, dan lebih perduli terhadap penampilan saya," jelas Jesica.

Jesica mengungkapkan, perjuangannya tak mudah karena membutuhkan ketegaran, semangat, konsistensi, dan waktu untuk mencapai apa yang ia impikan.

"Akhirnya, untuk pertama kalinya saya memberanikan diri untuk mengikuti pemilihan Puteri Indonesia Jawa Barat 2018, namun belum berhasil karena masih banyak kekurangan dari diri saya yang harus saya perbaiki," kata Jesica lagi.

Selama setahun Jesica memperbaiki diri dengan lebih rajin lagi berolahraga untuk mengurangi berat badan, terapi untuk pengobatan skoliosis serta untuk menambah tinggi badan, menggunakan behel untuk merapikan posisi gigi yang masih berantakan, berlatih catwalk, berlatih public speaking, dan lain sebagainya.

"Sampai akhirnya pada tahun ini, saya memberanikan diri lagi untuk mengikuti pemilihan Puteri Indonesia 2019 dan berhasil lolos mewakili Jawa Barat," tegas Jesica Fitriana Martasari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penampakan Patung Lilin Captain Marvel di New York

Posted: 08 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Patung lilin Captain Marvel dipamerkan di Madame Tussauds New York. Patung terlihat mirip dengan pemeran di film terbaru, Brie Larson.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Tanpa Harus Dicuci, Simpel Banget

Posted: 08 Mar 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa alas kaki dikenakan manusia untuk melindungi kaki dari material berbahaya agar tidak terluka. Selain itu, alas kaki juga bermanfaat untuk menjaga kaki dari sengatan panas matahari ataupun udara yang dingin.

Di Indonesia sendiri, orang-orang mengenakan alas kaki, khususnya sepatu untuk menghadiri acara atau keperluan formal. Misalnya, saat pergi ke kantor, ke sekolah, ke kampus, ataupun saat bertemu dengan orang yang dihormati.

Namun, apa jadinya jika sepatu yang dikenakan justru mengeluarkan bau tidak sedap? Padahal, tujuan mengenakan sepatu adalah untuk tampil sopan dan menghargai seseorang. Alhasil, alih-alih tampil sopan, seseorang yang sepatunya bau justru akan mempermalukan diri sendiri dan juga membuat orang lain sebal.

Penyebab Bau Sepatu

Penyebab bau tidak sedap ini biasanya ditimbulkan oleh keringat yang dikeluarkan kaki. Meskipun sudah dicuci, bau ini kadang tidak hilang sepenuhnya. Setelahnya, bakteri pada kulit akan tubuh dan memakan keringat. Semakin banyak keringat yang dihasilkan oleh kaki, maka bakteri akan semakin berkembang dikarenakan keringat menjadi penyuplai makanannya.

Jika dibiarkan terus menerus, sepatu yang bau akan berdampak buruk pada penggunanya. Selain dijauhi oleh orang-orang sekitar, bau sepatu mungkin akan merangsang penyakit kesehatan lain seperti jamur pada kaki.

Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan cara menghilangkan bau sepatu untuk membasmi bakteri jahat seperti yang dihimpun dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2019).

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Menjaga Kondisi Kaki

Cara Menghilangkan Bau Sepatu (sumber: iStock)

1. Cuka

Cuka dengan kadar asam yang tinggi juga efektif untuk membunuh kuman penyebab bau pada kaki. Caranya adalah dengan mencampur gelas cuka dengan 1 baskom air lalu rendam kaki selama 15 menit. Agar mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan cara ini rutin sekali seminggu. Namun, pastikan tidak ada luka terbuka di area kaki sebelum berendam.

2. Kantung Teh

Selain untuk diminum, kantung teh juga dapat digunakan untuk membersihkan kaki. Pilih teh dengan aroma yang tajam. Misalnya teh melati. Cukup gunakan dua kantung teh, lalu rebus dengan satu liter air selama 15 menit. Setelah itu tambahkan 2 liter air dingin dan tuangkan dalam bak atau mangkuk besar.

Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan hal ini setiap satu kali seminggu. Asam yang dihasilkan dari kantung teh berguna untuk menutup pori-pori pada kaki sehingga bantu mengurangi jumlah keringat pada kaki.

3. Garam

Selain sebagai bumbu dapur yang ajaib, garam ternyata punya banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Misalnya yaitu sebagai alternatif penghilang bau kaki yang menyebabkan sepatu bau.

Garam bisa mengurangi kelembapan pada kaki dan juga membasmi bakteri penyebab bau kaki. Caranya pun sangat mudah. Campurkan garam dengan 1 baskom air hangat lalu rendam kaki selama 20 menit. Lakukan cara ini setiap hari untuk hasil yang lebih awet.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Bahan yang Mudah Ditemui

Cara Menghilangkan Bau Sepatu (sumber: iStock)

4. Kopi

Kopi memang biasa dikonsumsi sebagai minuman penghilang kantuk. Namun tidak hanya itu saja, kopi juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau sepatu yang efektif. Pertama, pastikan sepatu dalam keadaan bersih dan kering. Masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu yang telah dibungkus tisu.

Selain menggunakan tisu, kamu juga bisa membungkus kopi menggunakan kaos kaki yang sudah tidak terpakai. Diamkan bubuk kopi semalaman agar memberi hasil yang maksimal pada sepatu kamu.

5. Baking Soda

Selain digunakan untuk bahan campuran pembuatan kue, baking soda juga dapat kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau yang tidak sedap.

Caranya cukup mudah, taburkan baking soda ke dalam sepatu, kemudian diamkan semalaman. Lalu keesokan harinya, bersihkan baking soda di dalam sepatu kamu dengan menggunakan sikat.

6. Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah minyak esensial yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Cara menghilangkan bau sepatu dengan minyak ini adalah dengan memberi tetesan minyak atsiri secukupnya ke dalam sepatu.

Tambahkan beberapa lembar kertas ke dalam sepatu untuk mengunci bau minyak atsiri. Diamkan semalaman. Lalu, keluarkan kertas pada pagi harinya.

7. Koran Bekas

Koran bekas bisa menjadi media yang dapat menyerap bau tidak sedap pada sepatu. Caranya, pastikan sepatu dalam keadaan kering. Ambil koran bekas secukupnya, kira-kira cukup untuk membungkus sepatu. Bungkus seluruh permukaan sepatu dengan rapat dan rapi.

Terakhir, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang agak dingin selama semalam atau lebih hingga bau pada sepatu terserap dengan sempurna oleh koran pembungkusnya.

8. Spiritus

Spiritus dapat kamu temukan di toko khusus yang menjual bahan kimia. Caranya, campurkan spiritus dengan air, lalu semprotkan ke bagian dalam sepatu. Dengan cairan yang dikandung spiritus, bakteri penyebab bau akan mati.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Lainnya

Cara Menghilangkan Bau Sepatu (sumber: iStock)

9. Masukkan Sepatu ke dalam Kulkas

Cara yang berikut ini mungkin terdengar aneh dan konyol. Namun, sepatu yang dimasukkan ke dalam kulkas atau lemari es akan menghilangkan bau yang tidak sedap. Tapi pastikan orang-orang rumah mengizinkanmu melakukan cara ini. Kamu juga bisa membungkus sepatumu dengan kantong plastik sebelum dimasukkan.

10. Kenakan Kaos Kaki

Nah, untuk cara yang terakhir ini, kamu diwajibkan untuk mengenakan kaos kaki. Pasalnya, kaos kaki bisa menyerap keringat yang dihasilkan telapak kakimu. Namun, sering-seringlah mengganti kaos kaki. Jika kamu jarang mengganti kaos kaki, sepatumu akan tetap mengeluarkan bau tidak sedap karena kaos kaki telah menampung banyak bakteri kaki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit ISPA dan Gejalanya, Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

Posted: 08 Mar 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Perubahan cuaca yang tak menentu, membuat berbagai masalah muncul di berbagai wilayah. Baik berakibat pada suhu udara di berbagai daerah yang berubah secara tiba-tiba, juga memberikan dampak munculnya berbagai penyakit.

Perubahan cuaca yang tiba-tiba hujan deras dan kemudian panas dengan selang waktu yang cepat, membuat suhu udara berubah drastis. Hal ini tentu saja berpengaruh pada kondisi tubuh seseorang. Kondisi tubuh yang tak mampu beradaptasi, akan menurunkan imun kekebalan tubuhnya.

Tak jarang, perubahan cuaca ini menjadi penyebab banyaknya penyakit yang bermunculan. Salah satu penyakit yang muncul dan menyerang orang saat musim hujan tiba adalah penyakit ISPA. Penyakit ini perlu diwaspadai.

Penyakit ISPA

Penyakit ISPA (sumber: iStock)

ISPA adalah penyakit yang menyerang pada saluran pernapasan. Penyakit ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Infeksi penyakit ini biasanya membuat penderita penyakit ISPA tidak dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari seperti sekolah atau bekerja. Penyakit ISPA sering muncul pada musim hujan, walaupun sebenarnya secara umum dapat menyerang kapan saja.

Penyakit ISPA disebabkan oleh virus dan bakteri yang bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Seseorang dapat tertular penyakit ISPA jika berkontak langsung dengan si penderita. Bisa juga penderita penyakit ISPA dapat menularkan penyakitnya melalui batuk atau bersin.

Dari batuk dan bersin tersebut virus dan bakteri penyebab penyakit ISPA mampu menyebar dan menulari orang lain yang ada di dekatnya. Mudahnya penyebaran penyakit ISPA ini, membuat kamu perlu waspada dan perlu untuk mengenali gejala pada penyakit ISPA sebelum masuk dalam tahap yang sudah parah.

Gejala penyakit ISPA

Penyakit ISPA merupakan penyakit yang menyerang pada paru-paru. ISPA termasuk dalam penyakit yang mudah menular ini membuat kamu harus selalu waspada pada lingkungan sekitarmu. Maka dari itu penting bagi kamu untuk mengetahui gejala-gejala dari penyakit ISPA. Gejala-gejala tersebut meliputi:

1. Pilek hingga hidung tersumbat.

2. Saat tubuh mulai terserang penyakit ISPA, tubuh akan melawan sehingga akan menimbulkan demam ringan.

3. Tenggorokan akan terasa sakit.

4. Sakit kepala ringan.

5. Kesulitan bernapas dengan normal.

6. Kulit akan tampak kebiruan akibat kurangnya asupan oksigen dari sulitnya bernapas.

7. Muncul gejala sinusitis, seperti pilek dan nyeri yang disertai demam.

Penyebab penyakit ISPA

Tertularnya virus dan bakteri penyebab infeksi pernapasan ini dengan mudah melalui kontak langsung atau bisa juga melalui mata, mulut dan hidung. Virus penyebab ISPA disebut rhinovirus dan coronavirus, walaupun ada banyak virus yang mungkin juga bisa membawa penyakit ini.

Secara umum, penyakit ISPA dapat disebabkan melalui sentuhan kontak mata, hidung dan mulut maupun menyentuh benda yang terkena virus ISPA itu sendiri. Virus ISPA berkembang paling banyak saat musim hujan tiba.

Penyakit ISPA pada anak-anak

Pada anak, penyebab penyakit ISPA dapat disebabkan karena anak dekat dengan orang yang memiliki penyakit ISPA. Bisa juga anak berada dalam ruangan yang penuh sesak dengan orang pengidap ISPA.

Anak dapat terjangkit penyakit ISPA, juga dapat disebabkan oleh ruangan yang ditempati anak memiliki kelembaban yang berlebihan sehingga virus ISPA dapat berkembang dengan cepat.

Pada anak, gejala yang dijumpai hampir mirip pada gejala ISPA yang diderita orang dewasa pada umumnya. Anak akan batuk berdahak, pilek, demam, sakit kepala, mudah lelah, sakit saat menelan sesuatu dan memiliki suara yang serak.

Hal yang dapat dilakukan bagi orang tua saat anak mengalami gejala diatas, sebagai berikut:

1. Tidur yang cukup pada anak

2. Beri banyak minum air putih

3. Bersihkan selalu ingus pada anak

4. Berkumur dengan air garam hangat untuk meredakan sakit tenggorokannya

5. Beri petroleum jelly pada bagian luar kulit hidung anak

6. Usahakan jaga kelembaban ruangan anak

7. Hindari anak dari asap rokok

Pengobatan Penyakit ISPA

Bagi penderita ISPA, pengobatannya dengan memberikan antibiotik. Walaupun beberapa kasus ISPA ringan dapat sembuh dengan sendirinya, namun pemberian antibiotik diperlukan jika virus tersebut justru telah berkembang dalam tubuh.

Antibiotik dapat mencegah terjadinya infeksi lanjutan dari virus dan bakteri tersebut. Jika penderita ISPA sudah sampai pada tahap cukup kronis dengan ditandai dahak dan ingus berubah menjadi warna kehijauan, maka perlu pemberian antibiotik dan periksa ke dokter agar mendapatkan perawatan segera.

Penyakit ISPA dapat diidentifikasi dengan munculnya kondisi seperti rhinitis, sinusitis, faringitis, tosilitis dan laryngitis. Penyakit ISPA yang dapat disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur ini perlu diwaspadai saat perubahan cuaca yang drastis atau saat memasuki musim penghujan.

Demikian penjelasan tentang penyakit ISPA dari pengertian ISPA, gejala, penyebab dan pengobatan yang bisa dilakukan jika kamu mengalami ISPA atau orang terdekatmu. Waspadai penyakit ISPA karena sangat mudah menular ke orang lain. Tak ada salahnya jika telah mengetahui gejala diatas, langsung menghubungi dokter agar segera ditindak lanjuti dengan tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Solskjaer di Balik Kebangkitkan Fred Bersama MU

Posted: 08 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Gelandang Manchester United (MU), Fred, mengakui dirinya sempat terpuruk di Old Trafford. Namun, ia kini mulai bangkit lagi berkat tangan dingin Ole Gunnar Solskjaer.

Dibeli mahal seharga 52 juta pound sterling (sekitar Rp 965 miliar) dari Shakhtar Donetsk, Fred sempat terpinggirkan dari skuat MU. Ia kalah bersaing dengan Nemanja Matic, Ander Herrera dan Paul Pogba.

Baru setelah badai cedera yang menghantam gelandang MU, Fred kembali ke tim utama. Ia bahkan bermain sangat baik saat MU mengalahkan PSG 3-1 di Liga Champions.

Menurut Fred, kebangkitannya tak lepas dari sosok Solskjaer yang selalu membantunya.

 

 

Komentar Fred

(AP/Rui Vieira)

"Ini menjadi beberapa bulan yang sulit. Aku jarang bermain. Ada banyak hal yang terjadi di pikiranku. Ole banyak membantuku. Dia banyak berbicara denganku. Michael Carrick juga banyak berbicara kepadaku," kata Fred kepada ESPN.

"Itu membuatku tenang bahwa segalanya mulai berbalik untukku. Mereka mempercayaiku dan aku merasakan kepercayaan itu. Dan mereka benar untuk mempercayaiku karena aku menunjukkan bahwa aku bisa bermain melawan salah satu tim terbaik di dunia dan bermain dengan baik. Aku sangat, sangat senang. Kepercayaan diriku semakin baik," Fred menambahkan.

Statistik Fred

Fred sendiri sudah membela MU dalam 18 pertandingan musim ini. Ia juga menyumbangkan satu gol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luna Maya Makan Bareng Faisal Nasimuddin dan Adiknya

Posted: 08 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Luna Maya sempat dikabarkan sedang dekat dengan pengusaha asal Singapura, Faisal Nasimuddin. Selepas beribadah umrah, Luna bahkan tak langsung pulang ke Indonesia. Ia lebih dulu mampir ke Singapura dan menjenguk Momo Geisha yang baru melahirkan anak pertamanya di sana. Selain itu, dirinya dikabarkan menemui sang pengusaha.

Di Singapura, selain mampir ke Momo, Luna Maya juga punya agenda lain yakni nonton konser band Maroon 5 bersama Diana Nasimuddin, adik dari Faisal Nasimuddin.

Dari Insta Story yang dibagikan oleh Diana lewat akun @diananasimuddin, tampak Luna Maya bahagia ketika menonton band yang digawangi oleh Adam Levine tersebut. Ia pun tampak akrab dengan Diana.

Setelah nonton konser bersama Diana dan beberapa orang sahabat perempuan, Luna Maya masih tinggal di Singapura. Dan Jumat (8/3) siang, Luna bahkan makan bareng Diana dan Faisal.

Makan Siang

Preskon Indonesian Movie Actors Awards 2019 (Adrian Putra/Fimela.com)

 

Momen makan siang bareng itu diabadikan oleh Diana di postingan Insta Storynya. Pada keterangannya, Diana menulis bahwa ia harus menyempatkan sedikit waktu untuk makan siang bareng sebelum Luna pulang ke Indonesia.

"Pertemuan singkat dengan perempuan jet-setter ini sebelum dia pergi," tulisnya.

 

Hanya Berteman

Luna Maya. (instagram/@lunamaya)

Ada sebuah kabar kalau Luna saat ini sedang dekat dengan pengusaha asal Malaysia, Faisal Nasimuddin, gara-gara interaksi mereka di media sosial. Sahabat Luna Maya, Iwet Ramadhan membantah dan menjelaskan kalau berita itu tidak benar.

"Luna akan konsentrasi pada pekerjannya, kita akan lihat akan banyak karya dari Luna tahun ini dan tahun depan, akan ada banyak gebrakan yang dia buat dan ia akan konsentrasi kesitu. Soal masalah percintaan itu nggak ada deh," pungkas Iwet.

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Rini Optimistis LinkAja Jadi Mahakarya Baru BUMN

Posted: 08 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Yogyakarta - PT Fintek Karya Nusantara akan resmi meluncurkan layanan dompet digital (e-Wallet) terbaru LinkAja pada 13 April 2019.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyambut optimistis atas buah karya beberapa perusahaan pelat merah tersebut.

"Insya Allah, ini jadi unicorn baru pelat merah. Karena begini. Tadinya ini pada dasarnya model pembayaran elektronik bank-bank Himbara masing-masing punya sendiri. BNI punya Yap!, terus BRI punya TBank, Mandiri punya e-cash," tutur dia di Yogyakarta, seperti dikutip Sabtu (9/3/2019).

"Nanti kalau tanggal 13 April punya rekening di BRI, BNI, Mandiri, sudah, tinggal pakai LinkAja," dia menambahkan.

Sebagai informasi, LinkAja merupakan dompet digital gabungan dari delapan perusahaan BUMN, antara lain Telkomsel, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Negara Indonesia (BNI), Jiwasraya, Pertamina, dan Danareksa.

Pada tahap awal, peleburan layanan keuangan elektronik ini mulanya disebut T-Cash, dan telah bersalin nama menjadi LinkAja sejak 21 Februari 2019.

Dengan kehadiran LinkAja, Rini melanjutkan, para pengguna layanan e-Wallet milik Bank Mandiri, BRI dan BNI bisa serentak memanfaatkan dompet digital terbaru ini untuk bertransaksi. 

"Misal buat beli bensin, terus buat beli Mc Donald. Saya juga sudah pakai ini buat beli KFC, oke. Ke Indomaret bisa juga pakai token, ya sudah jalan," ujar dia.

 

Menteri Rini Sosialisasikan LinkAja kepada 1.500 Santri

Menteri BUMN Rini Soemarno kunjungan kerja di Cirebon, Jawa Barat (Foto: Dok Kementerian BUMN)

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno melakukan sosialisasi LinkAja di hadapan 1.500 santri pada Kamis 7 Maret 2019. Hal itu dilakukan Rini saat mengunjungi Pondok Pesantren Buntet di Cirebon, Jawa Barat.

LinkAja merupakan sistem pembayaran elektronik terbaru yang diluncurkan delapan entitas BUMN. Yakni, Bank Mandiri, BNI,  BRI, BTN, Pertamina, Jiwasraya, Telkomsel dan Danareksa.

Kehadiran LinkAja akan membantu dan mempermudah transaksi nasabah. LinkAja juga bentuk integrasi layanan pembayaran digital BUMN seperti T-cash milik Telkomsel, Yap! BNI, e-Cash Bank Mandiri dan T-bank dari Bank BRI.

"Kita bisa membuat sistem pembayaran Indonesia yang kita namakan LinkAja. Adik-adik kalau hari ini download LinkAja, kalau punya telepon biasa pakai sms, kalau Android itu lewat PlayStore. Ayo download," kata Rini Soemarmo di GOR Mbah Muqoyim Buntet Pesantren, Cirebon, Jawa Barat, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Kamis pekan ini.

Saat ini sudah banyak restoran hingga pasar swalayan yang bisa menggunakan aplikasi LinkAja.

LinkAja bakal menyediakan berbagai layanan, seperti pembayaran tagihan (listrik, PDAM, BPJS, internet); transaksi di merchant seperti Pertamina, pembayaran moda transportasi, hingga pembelian online.

Rini juga sempat mencoba kemudahan bertransaksi dengan menggunakan LinkAja di stand penjualan makanan, minuman dan beras. 

"Ini apa? Mau dong satu. Saya bayar pakai LinkAja ya," ucap Rini yang kemudian membeli minuman Papa Aus.

Tak hanya beli minuman, Rini juga membeli satu karung beras dengan menggunakan pembayaran LinkAja.

Pada kesempatan yang sama, Rini juga mendorong agar para santri untuk bisa menjadi wirausaha serta tetap menjaga lingkungan sekitar. 

Saat ini sudah ada beberapa program BUMN yang memang untuk pesantren. Salah satunya Program Usaha Santri yang diharapkan dapat membantu para santri yang ingin membuka usaha ke depannya.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentimen Global Bebani IHSG selama Sepekan

Posted: 08 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan selama sepekan. Hal itu seiring sentimen eksternal mendominasi laju IHSG.

Sentimen itu mulai dari dolar Amerika Serikat (AS) yang menguat. Kemudian bank sentral Eropa mengejutkan membalikkan stimulusnya ini mendorong sinyal pertumbuhan melambat dan meningkatnya ancaman resesi.

Mengutip laman PT Ashmore Asset Management Indonesia, Sabtu (9/3/2019), IHSG melemah 1,8 persen selama sepekan dari posisi 6.499,88 pada 1 Maret menjadi 6.383,06 pada Jumat 8 Maret 2019.

Hal ini seiring saham kapitalisasi besar yang masuk indeks LQ45 tergelincir 2,28 persen. Investor asing pun masih lanjutkan aksi jual mencapai USD 191 juta atau sekitar Rp 2,68 triliun (asumsi kurs Rp 14.063 per dolar AS).

Sementara itu, di pasar obligasi, indeks obligasi naik 0,03 persen selama sepekan. Imbal hasil obligasi pemerintah bertenor 10 tahun menjadi 7,97 persen. Nilai tukar rupiah melemah ke posisi 14.314 terhada dolar AS. Investor asing jual obligasi mencapai USD 80 juta atau sekitar Rp 1,12 triliun.

Ada sejumlah sentimen eksternal bayangi pasar keuangan dunia sehingga berdampak terhadap pergerakan IHSG pada pekan ini.

Pertama,  negosiasi perang dagang Amerika Serikat-China masih jadi perhatian pasar. Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping dapat bertemu pada akhir Maret untuk akhiri perang dagang antar du negara itu.

The Wall Street Journal melaporkan, pada minggu, kedua belah pihak berada dalam tahap akhir negosiasi kesepakatan yang akan melibatkan penurunan tarif China pada berbagai barang AS jika pemerintahan Trump hapus sanksi luas terhadap China.

Berdasarkan laporan itu, pembicaraan kedua negara  sudah cukup jauh sehingga Trump dan Xi Jinping dapat capai kesepakatan formal pada pertemuan 27 Maret.

 

Neraca Dagang AS dan China

Ada sebanyak 190 saham menghijau sehingga mendukung penguatan ke level 4.483,45.

Kedua, defisit neraca perdagangan Amerika Serikat. Defisit perdagangan AS melonjak hampir 19 persen pada Desember dan mengarah ke angka defisit perdagangan selama setahun ke posisi tertinggi dalam 10 tahun dengan nilai USD 621 miliar.

Defisit perdagangan naik menjadi USD 59,8 miliar pada Desember dari periode November di kisaran USD 50,3 miliar. Kesenjangan memburuk karena orang AS membeli lebih banyak peralatan rumah tangga, ponsel dan produk komputer dari luar negeri.

Sementara itu, permintaan asing untuk pesawat sipil dan produk minyak turun, menyeret turun ekspor AS.

Ketergantungan AS pada impor tampaknya telah meningkat setelah tarif diberlakukan Trump pada tahun lalu di produk baja, aluminium China.

Defisit perdagangan dengan China naik menjadi USD 419,2 miliar, angka tertinggi pada catatan itu. Akselerasi pertumbuhan ekonomi pada tahun lalu dari pemotongan pajak yang didanai utang membantu meningkatkan selera barang asing.

Selain rekor kesenjangan perdagangan barang dengan China, ketidakseimbangan mencapai puncaknya dengan Meksiko sebesar USD 81,5 miliar dan Uni Eropa sebesar USD 169,3 miliar. AS mencatat surplus dengan Amerika Selatan dan Tengah pada tahun lalu.

Ketiga, neraca dagang China. Pada Jumat pekan ini, China melaporkan data perdagangan yang lebih buruk dari yang diperkirakan pada Februari.

Data bea cukai menunjukkan di tengah sengketa neraca perdagangan, ekspor Beijing dalam dolar AS merosot 20,7 persen pada Februari. Sedangkan ekspor Januari naik 9,1 persen dari tahun lalu.

Impor dalam dolar AS turun 5,2 persen pada Februari. Neraca perdagangan China juga signifikan lebih lemah dari yang diharapkan yang mencapai USD 4,12 miliar. Ekonom yang disurvei Reuters memperkirakan neraca perdagangan keseluruhan mencapai USD 26,38 miliar.

Sedangkan pada Januari, neraca dagang China mencapai USD 39,16 miliar. Surplus perdagangan China dengan AS menyempit menjadi USD 14,72 miliar pada Februari dari Januari sebesar USD 27,3 miliar.

 

Kebijakan Bank Sentral Eropa

Dua pekerja memantau pergerakan saham di sebuah monitor, Jakarta, Senin (14/11). Laju IHSG melemah 2,6 persen atau sekitar 137,71 poin ke level 5.094,25 pada penutupan sesi pertama perdagangan saham Senin (14/11/2016). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Keempat, kebijakan bank sentral Eropa. Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengumumkan putaran baru stimulus untuk meningkatkan pinjaman di bank zona euro. Hal ini diharapkan dapat meransang ekonomi riil. Program stimulus digunakan untuk mencegah jatuhnya zona euro setelah krisis keuangan 2008.

Ini memungkinkan bank komersial untuk meminjam uang dari bank sentral tanpa bunga, tetapi harus berjanji menyalurkan dana itu kepada bisnis dan masyarakat.

Suku bunga juga pun tidak berubah, dan diperkirakan hingga 2020. Bank sentral Eropa juga memangkas pertumbuhan ekonomi zona euro dari 1,7 persen menjadi 1,1 persen pada 2019. Adapun Draghi akan akhiri masa jabatannya pada Oktober 2019.

Kelima, Brexit. Pada minggu malam sebagai tenggat waktu absolute untuk pembicaraan dengan Uni Eropa. Sejauh ini, negosiasi sulit. Sekretaris Brexit Steve Barclay dan Jaksa Agung Geoffrey Cox dapat kembali ke Brussels pada akhir minggu untuk melanjutkan pembicaraan yang bertujuan meningkatkan kesepakatan Brexit.

Pada Minggu malam atau Senin pagi akan menjadi tenggat waktu terakhir untuk memberikan waktu bagi anggota parlemen sebelum diumumkan pada Selasa 12 Maret.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Glenn Fredly dan Melly Goeslaw Meriahkan Soundsations 2019

Posted: 08 Mar 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Musisi Glenn Fredly dan juga Melly Goeslaw ikut memeriahkan ajang Soundsations 2019 yang digelar di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Perhelatan ini merupakan bagian besar dari Makassar Art Week Festival yang baru pertama kali digelar.

Di Soundsations 2019, Glenn Fredly akan menghibur masyarakat Makassar dan sekitarnya di Celebes Convention Center pada Sabtu (9/3/2019) malam nanti. Sementara Melly Goeslaw akan giliran menghibur pada keesokan harinya di tempat yang sama.

Ajang Soundsations tak hanya diramaikan oleh dua musisi tersebut. Beberapa musisi lokal yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Wake Up Iris (Malang), Shal (Makassar) serta Kapal Udara (Makassar) juga akan ikut ambil bagian.

Sebelum ajang Soundsations 2019, kota Makassar juga diramaikan oleh Makassar Art Week Festival. Ajang ini baru pertama kali digelar di kota Anging Mamiri ini sejak 2-8 Maret 2019. Acaraya sendiri menampilkan berbagai macam karya seni dan juga mengumpulkan komunitas yang ada di kota Makassar.

 

Puluhan Seniman

Ki-ka - Dandi Widi (fotografi) , Muhammad Sukardi  (Pengelola Kopi Alps Makassar), Haydier Novrianto (musik), farid Prasetya (visual art) dalam acara Makassar Art Week Festival 2019 (08/03).

Puluhan seniman dan juga komunitas ini dikumpulkan dalam sebuah wadah bernama komunitas Bersama Berkarya Bebas (BBB). Haydier Novrianto selaku pioner dari BBB menjelaskan apa yang dilakukan olehnya bersama kawan-kawan merupakan bentuk jawaban keresahan para pelaku seni.

"Kita menyatukan seniman-seniman yang ada di Makassar, agar tidak ada sekat-sekat. Ke depannya, kalau kita dikasih kesempatan lagi, kita akan berupaya menggandeng pemerintah agar bisa mendapatkan venue yang lebih besar," ujar Haydier saat ditemui di Kopi Alps, Makassar, Jumat (8/3/2019).

Harapan

Ia berharap dengan terkumpulnya banyak seniman dan juga komunitas, bisa memunculkan potensi yang terpendam. Selain itu, acara ini diharapkan bisa memperkenalkan karya-karya seniman Makassar ke dunia internasional.

"Ajang di Makassar ini semoga bisa menjadi pintu masuk karya-karya seniman kita untuk dikenal di nasional, atau bahkan luar negeri," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Sandiaga di Hadapan Emak-Emak Tasikmalaya

Posted: 08 Mar 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan, pemilihan presiden dan wakil presiden 2019 bukan tentang Prabowo-Sandi. Akan tetapi tentang masa depan Indonesia termasuk kesejahteraan semua pihak.

"Pak Prabowo Subianto mengirimkan salam untuk emak-emak Tasikmalaya, bahwa pilpres ini bukan tentang Prabowo-Sandi tapi tentang masa depan Indonesia, anak cucu kita, tentang kesejahteraan emak-emak, petani, pedagang pasar. Prabowo-Sandi ingin berjuang bersama rakyat. Siap memenangkan?" kata Sandiaga di Cikalang, Tawang, Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (9/3/2019) seperti dalam keterangan tertulis yang diterima.

Sandiaga mengaku prihatin kasus banyaknya kematian bayi di Indonesia dan angkanya masih stagnan. Persalinan juga penyebab kematian satu dari dua ibu di Indonesia.

"Prabowo-Sandi ingin memastikan bahwa penyebab kematian 1 dari 2 ibu Indonesia ini bisa dikurangi. Prabowo-Sandi selesaikan dengan program-program yang memastikan penurunan angka kematian pada ibu dan bayi," kata dia.

Mantan Wagub DKI itu berjanji akan mengubah angka kasus kematian ibu anak yang tinggi.

"Kami janji, sama-sama kita ubah masa depan emak-emak, masa depan bayi-bayi kita, ini lebih penting daripda pilpres," Sandiaga menandaskan.

Sosialisasi Program

Sebelumnya, Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno melakukan kampanye damai bersama pendukungnya di Kota Denpasar, Bali, Minggu 24/ Februari 2019. Sebagian besar pendukungnya dalam kampanye damai itu adalah emak-emak.

"Saya ke sini ingin sosialisasi kepada masyarakat Pulau Dewata terkait program-program yang akan dilakukan jika terpilih menjadi wakil presiden pada Pilpres 17 April 2019," kata Sandiaga Uno, saat bertemu para emak-emak di Denpasar.

Dia mengatakan, setelah pihaknya bertemu dengan sejumlah emak-emak dan para pengusaha Bali, ternyata masih banyak persoalan yang dihadapi. Padahal, lanjut dia, potensi Pulau Dewata masih cukup banyak yang bisa dikembangkan.

Menurut dia, sebagian pengusaha mengeluhkan soal pemasaran.

"Nah, persoalan inilah yang menjadi catatan jika kami terpilih pada Pilpres 2019 untuk ke depannya agar bisa dicarikan jalan keluar," ujar Sandiaga Uno seperti dilansir Antara.

Dia menuturkan, potensi yang dimiliki para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu, semestinya bisa dikembangkan lebih luas, dan pemerintah harus mencarikan solusi dalam pemasarannya.

"Dengan produksi yang dilakukan di daerah setempat, jika persoalan pemasarannya bisa dicarikan jalan keluar, saya rasa tidak akan ada kendala bagi pelaku UMKM. Pasar di Tanah Air dan mancanegara saya rasa masih cukup terbuka lebar," ucap Sandiaga Uno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tuntut Kesetaraan Hak, Ribuan Perempuan Turki Turun ke Jalanan Istanbul

Posted: 08 Mar 2019 09:06 PM PST

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Unjuk rasa berjalan relatif damai sebelum akhirnya terjadi keributan pada malam hari. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Unjuk rasa berjalan relatif damai sebelum akhirnya terjadi keributan pada malam hari. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Seorang perempuan memegangi hidungnya setelah polisi menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa yang sedang memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Seorang perempuan memegangi hidungnya setelah polisi menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa yang sedang memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Massa mengecam kekerasan dan mendesak kesetaraan hak. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Massa mengecam kekerasan dan mendesak kesetaraan hak. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Unjuk rasa berjalan relatif damai sebelum akhirnya terjadi keributan pada malam hari. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Unjuk rasa berjalan relatif damai sebelum akhirnya terjadi keributan pada malam hari. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

Polisi menghalau pengunjuk rasa yang ingin menggelar pawai untuk memperingati Hari Perempuan Internasional di Istanbul, Turki, Jumat (8/3). Polisi menembakkan gas air mata untuk membubarkan pengunjuk rasa. (AP Photo/Lefteris Pitarakis)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buta Sejenak karena Sinar Lampu dari Arah Berlawanan, Ini yang Harus Anda Lakukan

Posted: 08 Mar 2019 09:03 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang memilih melakukan perjalanan pada malam hari lantaran dinilai jalanan lebih lengang dan yang pasti terhindar dari panas matahari. Meski begitu ada beberapa hal yang mesti diperhatikan kala berkendara malam terlebih jalanan yang dilintasi minim penerangan ataupun rambu dan marka jalan.

Menurut Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, yang mesti diwaspadai adalah pancaran lampu kendaraan yang berasal dari arah berlawanan. Pasalnya mata bisa mengalami buta sesaat lantaran terpapar sinar lampu tersebut.

"Mata manusia itu suka terpancing pada sinar. Begitu ada sinar dari depan otomatis kita akan melihat ke lawan. Kadang-kadang kita malah jadi emosi ketika melihat itu karena membuat silau," terangnya saat media test drive Wuling Almaz baru-baru ini di Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut Soni, efek dari buta sejenak ini bisa membuat kita kesulitan dalam melihat marka jalan. "Dan yang bahaya kalau kita lawan (dengan membalas memberikan lampu jauh) karena kita kan enggak tahu kondisi pengemudi dari arah berlawanan.

Kalau dia buta sejenak juga takutnya mobil dia akan ke kita sehingga bisa terjadi tubrukan," tambahnya.

 

Selanjutnya

Oleh karenanya, lanjut Soni, kita harus bisa membiasakan diri melihat marka ketika melihat sinar. "Jadi saat kita berkendara malam harus tahu patokannya apa, marka jalan atau lebar jalan,"

"Kedua, kita harus bisa menciptakan garis imajiner. Jadi mobil harus diposisikan dulu di tempat yang aman. Kenapa, karena takutnya posisi mobil terlalu ke kiri atau ke kanan sehingga berbahaya," ujarnya.

Lebih lanjut Soni menyampaikan, ada tidaknya marka jalan Anda harus bisa memperkirakan berapa lebar jalan dan lebar mobil. Apakah untuk dua mobil bisa atau tidak.

"Kalau ragu segera kurangi kecepatan. Sehingga kalaupun terjadi benturan imbasnya tidak terlalu parah," tutup Soni.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo: Saya Tidak Ngarang, Ada 72 Kartel Narkoba Masuk ke Indonesia

Posted: 08 Mar 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan, saat ini ada 72 kartel narkoba yang masuk ke dalam Indonesia. Jumlah tersebut berdasarkan data yang dia terima dari Badan Narkotika Nasional (BNN).

Prabowo menyampaikan itu saat berpidato di Kampus Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI), Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat malam 8 Maret 2019. 

"Dari BNN sendiri, kepolisian, mengatakan ada 72 kartel internasional masuk Indonesia. Saya pakai semua data resmi, saya tidak ngarang, saya tidak berani bikin hoaks-hoaks," tegas Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu pun menyampaikan, data BNN tentang pengguna narkoba dari tahun 2015. Dia khawatir jumlah pengguna barang haram tersebut makin membesar dan menggerogoti generasi bangsa.

"BNN sendiri mengatakan bahwa sampai 2015, pengguna narkoba itu 5,9 juta. Tapi enggak ada data dari 2016, 2017, dan 2018. Tapi kalau lihat kenaikan data penambahan sama, kemungkinan 8 juta," ucap Prabowo.

"8 juta anak-anak kita kena narkoba. Berarti bayangkan lebih besar dari penduduk Singapura. Kalau diteruskan 10 tahun lagi, bagaimana mau? 20 juta anak-anak kita candu narkoba," mantan Danjen Kopassus itu menandaskan.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Reporter: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Heboh Bocah Asal Majalengka Keluarkan Ratusan Semut dan Kertas dari Telinga

Posted: 08 Mar 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Majalengka - Warga Kabupaten Majalengka dihebohkan dengan seorang bocah Arif Azka (12) yang menderita penyakit aneh.

Arif harus menahan sakit pada telinganya karena selalu keluar semut dari dalam telinganya. Bahkan, bocah Desa Majasuka Kecamatan Palasah tersebut kerap mengeluarkan gulungan kertas kecil dari dalam telinganya.

"Penyakit aneh yang dialami keponakan saya belum diketahui asal muasalnya. Baru terjadi sekitar dua minggu ini," kata Yuliani, bibi Arif, Jumat (8/3/2019).

Dia mengatakan, pihak keluarga sendiri sudah mengobati penyakit aneh yang diderita Arif. Baik jalur pengobatan medis, alternatif hingga orang pintar.

Namun, ratusan semut terus keluar dari telinga Arif. Dia mengatakan, keponakannya sering menangis apabila penyakit aneh Arif kambuh.

"Orang tuanya membantu keluarkan semut dengan pinset kalau sedang kesakitan. Aktifitas Arif normal bergaul dengan teman sebayanya," kata dia.

Dia mengatakan, Arif pernah berobat ke Poli THT RSUD Cideres Kadipaten Kabupaten Majalengka. Hasilnya menyebutkan jika di dalam telinga Arif masih terdapat ratusan semut dan kertas.

"Katanya menjalar mendekati otak. Kasihan keponakan saya," ujar dia.

Analisa Medis

Ribuan semut diduga masih bersarang di dalam telinga Arif bocah asal Majalengka yang menderita penyakit aneh. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Penyakit aneh yang dialami Arif mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Majalengka Alimudin mengatakan sudah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan tengah ditindaklanjuti.

"Saya juga akan mendalami informasi ini ke dokter THT, barangkali pernah mengobati pasien bernama Arif. Betul atau tidak penyakit ini, sebab secara nalar logika tidak masuk akal," kata dia.

Dia mengaku baru mengetahui kabar tersebut melalui media. Sebab, sebelumnya tidak ada laporan ke Dinkes terkait penyakit yang diderita Arif.

Mendapatkan informasi tersebut, dia langsung berkoordinasi dengan pihak RSUD Cideres dan Puskesmas, agar penyakit ini ditindaklanjuti.

"Jujur saja saya baru tahu sekarang dari wartawan, kalau ada penyakit terbilang langka. Belum bisa menanggapi banyak dulu ya sebelum saya tahu kronologis detailnya," ujar Ali.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Majalengka Erni Harleni angkat bicara. Dia mengaku ada beberapa kejanggalan terkait penyakit yang diderita Arif.

Dia menjelaskan, telinga manusia terbagi menjadi tiga bagian. Yakni telinga luar, tengah dan dalam.

"Nah yang bisa kita lihat secara langsung telinga bagian luar yang ukurannya sekitar 2 cm dari tragus sampai membran timpany," kata dia.

Oleh karena itu, dia menyatakan kecil kemungkinan jika ada semut berkembang biak di dalam telinga manusia.

Apalagi jumlah semut sampai ribuan ekor disertai gulungan kertas di saluran telinga Arif.

"Telinga tidak memproduksi kertas paling serumen atau kotoran telinga," ujar dia.

Kendati demikian, dia mengaku masih memeriksa penyakit aneh yang dialami Arif. Khususnya data rekam medis yang dialami Arif.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

11.000 Lowongan Kerja BUMN Dibuka, Cek Daftar Perusahaannya di Sini!

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka merayakan HUT ke-21 pada bulan ini, Kementerian BUMN melalui Forum Human Capital Indonesia (FHCI) membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik Indonesia untuk bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar BUMN melalui Program Perekrutan Bersama BUMN yang dibuka hingga 17 Maret 2019.

Program Perekrutan Bersama BUMN (PPBB) ini membuka lowongan kerja BUMN besar-besaran karena membuka peluang karier di 110 perusahaan BUMN dan membuka sebanyak 11 ribu posisi lowongan kerja.

Sistem PPB dilakukan secara terbuka dan memberikan peluang yang sama bagi semua kalangan lulusan SLTA/SMK, Vokasi, S1-S2, talenta disabilitas, dan rekrut khusus putra/putri dari KTI (Kawasan Indonesia Timur).

Untuk rekrutasi reguler adalah program rekrutasi bagi putera-puteri terbaik Indonesia lulusan SLTA (SMA & SMK), Diploma (D1 s.d D4), dan Sarjana (S1 s.d S2) untuk membangun karier di lingkungan keluarga besar BUMN sebagai "agent of development" untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi bersama di BUMN.

Sementara rekrutasi disabilitas adalah rekrutasi dengan resource disabilitas yang memenuhi kualifikasi kebutuhan tenaga kerja sesuai kebutuhan bisnis BUMN baik lulusan SLTA (SMA/SLTA), Diploma (D1–D4), dan Sarjana (S1), untuk memenuhi posisi di berbagai sektor bisnis di seluruh Indonesia.

Dan untuk rekrutasi KTI adalah rekrutasi dengan resource penduduk asli/keturunan dari Kawasan Timur Indonesia, lulusan SLTA (SMA/SMK), Diploma (D1-D4), dan Sarjana (S1) untuk berkarier dan mengembangkan diri di seluruh sektor bisnis BUMN Indonesia. Rekrutasi KTI yaitu daerah Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Nusa tenggara Timur untuk ditempatkan di daerah domisili masing-masing atau ditempatkan di seluruh wilayah kerja BUMN sesuai dengan kebutuhan masing-masing BUMN.

Lantas, perusahaan mana saja yang ikut membuka lowongan kerja BUMN dalam PPBB ini? Mengutip laman rekrutbersama.fhcibumn.com, Sabtu (9/3/2019), berikut daftar BUMN yang membuka lowongan kerja sesuai kategori, beserta cara pendaftaran dan tahapan PPBB tersebut:

Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Reguler

Deskripsi:

FHCI Bersinergi dengan seluruh BUMN membuka peluang bagi putera-puteri Indonesia lulusan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana untuk menjadi bagian dari BUMN.

BUMN sebagai "agent of development" mengundang putra putri terbaik Indonesia untuk bergabung menjadi insan yang memberikan kontribusi, kreatifitas, inovasi, dan secara real dapat menjadi agent of change dengan menyediakan berbagai posisi yang terdapat di seluruh BUMN dalam berbagai sektor industri.

Jadilah kebanggan negeri ini!

Daftar BUMN:

1. PT Bank Negara Indonesia (Persero)

2. Tbk PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)

3. PT Jasa Raharja (Persero)

4. PT ASABRI (Persero)

5. PT Pegadaian (Persero)

6. PT Kereta Api Indonesia (Persero)

7. PT Industri Kereta Api (Persero)

8. PT Angkasa Pura II (Persero)

9. Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia

10. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

Selanjutnya

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat mengharuskan Anda untuk memiliki kemampuan lebih.

11. PT Waskita Karya (Persero) Tbk

12. PT Nindya Karya

13. PT Amarta Karya (Persero)

14. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

15. PT Hutama Karya (Persero)

16. PT Istaka Karya (Persero)

17. PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk

18. PT Brantas Abipraya (Persero)

19. Perum Pembangunan Perumahan Nasional

20. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

21. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

22. PT Bina Karya (Persero)

23. PT Indah Karya (Persero)

24. PT Sarinah (Persero)

25. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

26. PT Pos Indonesia (Persero)

27. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk

28. PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk

29. PT Timah (Persero) Tbk

30. PT Balai Pustaka (Persero)

31. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

32. Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara

33. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)

34. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

35. PT Boma Bisma Indra (Persero)

 

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

36. PT Industri Nuklir Indonesia (Persero)

37. PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

38. PT Pindad (Persero)

39. PT Dahana (Persero)

40. PT Dirgantara Indonesia (Persero)

41. PT Hotel Indonesia Natour (Persero)

42. PT Energy Management Indonesia (Persero)

43. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

44. Perum Jasa Tirta I

45. Perum Jasa Tirta II

46. PT Kawasan Industri Medan (Persero)

47. PT Kawasan Industri Wijayakusuma (Persero)

48. PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero)

49. PT Kawasan Industri Makassar (Persero)

50. PT Surabaya Industrial Estate Rungkut

51. PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung

52. PT Perikanan Nusantara (Persero)

53. Perum Perhutani

54. PT Pupuk Indonesia (Persero)

55. Perum Bulog

56. PT BioFarma (Persero)

57. PT Indofarma (Persero) Tbk

Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Disabilitas

Masih banyak keterbatasan yang dihadapi penyandang disabilitas. Apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka?

Deskripsi:

"Kesempatan Luas Yang Sama"

Untuk mewujudkan kesamaan hak dan kesempatan yang sama bagi disabilitas, Kementerian BUMN membuka peluang untuk berkarya dan memberikan kontribusi nyata dalam keluarga besar BUMN.

Kesempatan berkarir di BUMN terbuka bagi disabilitas dengan pendidikan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana dengan posisi di berbagai sektor bisnis BUMN di seluruh Indonesia.

Karena keterbatasan tidak menjadi penghalang untuk berkarya, dan memberi kontribusi nyata untuk negeri tercinta!

Daftar BUMN:

1. DI Aceh

2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

3. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

4. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

5. Perum Jaminan Kredit Indonesia

6. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)

7. PT Jasa Raharja (Persero)

8. PT ASABRI (Persero)

9. PT Pegadaian (Persero)

10. PT Kereta Api Indonesia (Persero)

11. PT Industri Kereta Api (Persero)

12. PT Angkasa Pura II (Persero)

13. Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia

14. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

15. PT Waskita Karya (Persero) Tbk

16. PT Amarta Karya (Persero)

17. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

18. PT Hutama Karya (Persero)

19. PT Brantas Abipraya (Persero)

20. Perum Pembangunan Perumahan Nasional

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

21. PT Pelabuhan Indonesia II (Persero)

22. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

23. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

24. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)

25. PT Sarinah (Persero)

26. PT Pos Indonesia (Persero)

27. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk

28. PT Semen Baturaja (Persero) Tbk

29. PT Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk

30. PT Timah (Persero) Tbk

31. Perum Percetakan Uang Republik Indonesia

32. PT Balai Pustaka (Persero)

33. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

34. Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara

35. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)

36. PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

37. PT Boma Bisma Indra (Persero)

38. PT Industri Nuklir Indonesia (Persero)

39. PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero)

39. PT Pindad (Persero)

40. PT Dahana (Persero)

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

41. PT Dirgantara Indonesia (Persero)

42. PT Hotel Indonesia Natour (Persero)

43. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

44. PT Kawasan Industri Makassar (Persero)

45. PT Surabaya Industrial Estate Rungkut

46. PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung

47. PT Perkebunan Nusantara III (Persero)

48. PT Perkebunan Nusantara I

49. PT Perkebunan Nusantara II

50. PT Perkebunan Nusantara IV

51. PT Perikanan Nusantara (Persero)

52. Perum Perhutani

53. PT Pupuk Indonesia (Persero)

54. Perum Bulog

55. PT BioFarma (Persero)

56. PT Kimia Farma (Persero) Tbk

57. PT Garam (Persero)

Program Perekrutan Bersama BUMN Kategori Kawasan Timur Indonesia

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Deskripsi:

"Saatnya Membuat Perubahan"

Kawasan Timur Indonesia merupakan mutiara tersembunyi dari Negeri yang memiliki potensi besar untuk dapat dikembangkan oleh Putra-Putri daerah terbaik.

BUMN mengundang Putra-Putri daerah lulusan SMA/SMK setara, Diploma, dan Sarjana dari Kawasan Timur Indonesia seperti Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat untuk menjadi bagian dari "agent of development" BUMN dengan menyediakan berbagai posisi yang terdapat di seluruh BUMN dalam berbagai sektor industri.

Saatnya membuat perubahan, saatnya bersinar!

Daftar BUMN:

1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

2. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

3. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

4. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

5. Perum Jaminan Kredit Indonesia

6. PT Asuransi Kredit Indonesia (Persero)

7. PT Jasa Raharja (Persero)

8. PT Taspen (Persero)

9. PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero)

10. PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

11. PT Pegadaian (Persero)

12. PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)

13. PT Industri Kereta Api (Persero)

14. PT Surveyor Indonesia (Persero)

15. PT Angkasa Pura II (Persero)

16. PT Adhi Karya (Persero) Tbk

17. PT Waskita Karya (Persero) Tbk

18. PT Amarta Karya (Persero)

19. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

20. PT Brantas Abipraya (Persero)

Selanjutnya

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

21. Perum Pembangunan Perumahan Nasional

22. PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)

23. PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero)

24. PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)

25. Perum Damri PT Virama Karya (Persero)

26. PT Sarinah (Persero)

27. PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero)

28. PT Pos Indonesia (Persero)

29. PT Aneka Tambang (Persero) Tbk

30. PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk

31. Perum Lembaga Kantor Berita Nasional Antara

32. PT Industri Kapal Indonesia (Persero)

33. PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero)

34. PT Pertamina (Persero)

35. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

36. Perum Perhutani

37. PT Pertani (Persero)

38. Perum Bulog

39. PT Kimia Farma (Persero) Tbk

40. PT Djakarta Lloyd (Persero)

Cara Pendaftaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

1. Buat Akun pada website Perekrutan Bersama BUMN

2. Pilih Program Rekrut yang ingin diikuti

3. Isi dan Lengkapi Data Pribadi.

Tahapan Program Perekrutan Bersama (PBB) BUMN

- Tahap 1 Pendaftaran & Seleksi Awal

Para Peserta dapat membuat akun pendaftaran, memasukan biodata pribadi, dan mengunggah sejumlah dokumen pendukung pada laman: https://rekrutbersama.fhcibumn.com

Setelah melakukan pendaftaran, peserta akan diarahkan ke halaman kartu peserta dan melakukan tes Seleksi Awal.

- Tahap 2 Seleksi Kemampuan Dasar

Sebelum melakukan psikotes, peserta harus memilih 3 posisi/BUMN. Pilih sesuai dengan minat dan bakatmu. Tentukan prioritas dan lakukan pertimbangan yang matang.

Setelah lolos dari proses pendaftaran dan seleksi awal, peserta akan melakukan tes kemampuan dasar/ VNS Test (Verbal, Numerical & Spatial) atau lebih dikenal dengan nama Psikotes Kognitif dan dilakukan secara online.

- Tahap 3 Seleksi BUMN

Setelah melewati Seleksi Kemampuan Dasar, para peserta akan diseleksi oleh BUMN masing-masing.

Minimal akan ada 3 sub-tahapan Seleksi BUMN:

1. Tes Kemampuan sesuai posisi pilihan

2. Interview Manajemen

3. Tes Kesehatan

Catatan:

Setiap Hasil Test yang dilakukan di setiap tahapan akan diumumkan melalui website: https://rekrutbersama.fhcibumn.com dan juga dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan.

Selamat mencoba lowongan kerja tersebut dan semoga sukses!

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia Usai Juventus Hajar Udinese 4-1

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Turin - Tanpa Cristiano Ronaldo, Juventus mampu menumbangkan Udinese dengan skor telak 4-1 di Allianz Stadium, Jumat (8/3/2019) atau Sabtu dini hari WIB dalam lanjutan Liga Italia.

Empat gol Si Nyonya Tua, sebutan Juventus, dicetak oleh Moise Kean (dua gol), Emre Bisa, dan Blaise Matuidi. Sedangkan gol balasan Udinese dicetak oleh Lasagna.

Kemenangan tersebut membuat Juventus kokoh di puncak klasemen Liga Italia dengan 75 poin. Sedangkan Udinese tetap di papan bawah dengan 25 poin.

Usai pertandingan, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri memuji Moise Kean. Striker Juventus berusia 19 tahun itu mampu menggantikan tugas Cristiano Ronaldo, yang tidak dimainkan melawan Udinese karena disiapkan untuk menghadapi Atletico Madrid, pekan depan.

"Kean? Dia melakukannya dengan baik. Dia sangat bagus dalam menyerang, dia harus meningkatkan gerakannya untuk mendikte tempo dan kontrol bola. Tapi dia masih muda dan akan tumbuh," katanya, dikutip dari situs resmi klub.

Dalam laga melawan Udinese, Juventus sangat mendominasi permainan. Si Nyonya Tua menguasai ball possession hingga 59 persen.

"Malam ini (waktu Italia), kami semua mengejar gol, jadi oleh karena itu, mereka yang memiliki penguasaan bola punya solusi," ujar pelatih Juventus berusia 51 tahun itu.

 

Susunan Pemain

Juventus (4-3-3): 1-Wojciech Szczęsny; 37-Loenardo Spinazzola, 15-Andrea Barzagli, 24-Daniele Rugani, 4-Martin Caceres; 14-Blaise Matuidi, 23-Emre Can, 30-Rodrigo Bentancur; 12-Alex Sandro, 18 -Moise Kean, 33-Federico Bernardeschi

Pelatih: Massimiliano Allegri

Udinese (3-5-2): 1-Juan Musso; 87-Sebastian De Maio, 5-Willliam Troost-Ekong, 17-Bram Nuytinck; 18-Hidde ter Avest, 19-Jens Larsen, 24-Ben Wilmot, 6-Seko Fofana, 90-Marvin Zeegelaar; 10-Rodrigo de Paul, 23-Ignacio Pussetto

Pelatih: Davide Nicola

 

Klasemen Liga Italia

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Pasangan Itu Enggak Gampang, 5 Chat Lucu Ini Buktinya

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Terkadang terlalu lama menjomblo bisa membosankan dan bikin jenuh. Itu sebabnya sebagian besar orang berusaha mencari kekasih dengan berbagai cara. Salah satunya berkenalan dengan gebetan idaman.

Berbagai usaha pun dilakukan seseorang demi bisa mendapatkan hati gebetannya. Namun, ada saja tingkah unik, konyol bahkan nekat saat berusaha mengenal atau menembak gebetan. 

Di era yang serba canggih ini, kamu bisa mendekati pasangan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan komunikasi yang intens di media sosial. Ya, kehadiran media sosial memang membuat kamu lebih mudah untuk terus menjaga komunikasi dengan calon pasanganmu. Tetapi, meski begitu, agenda mendekati pasangan belum tentu berlangsung mudah.

Kadang dalam melakukan PDKT atau pendekatan, ada kalanya mengalami kegagalan. Namun begitu, biarkanlah para jomblo tersebut terus berusaha. Nah, penasaran bagaimana usaha kocak para jomblo untuk mendapatkan pasangan? Berikut deretan chatnya seperti melansir dari berbagai sumber.

1. Telak sih..

Chat Lucu Usaha Jomblo

2. Ngarep banget ini mah

Chat Lucu Usaha Jomblo

3. Ngeselin ya?

Chat Lucu Usaha Jomblo

4. Niat banget ya

Chat Lucu Usaha Jomblo

5. Bisa aja nih modusnya

Chat Lucu Usaha Jomblo

Reporter:

Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta jadi Kota dengan Polusi Udara Terparah di Asia Tenggara

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Laporan terbaru yang diungkap Greenpeace menyatakan bahwa DKI Jakarta menjadi kota dengan polusi udara paling tinggi di Asia Tenggara. Angka polusi udara yang tercatat menunjukkan sudah melebihi batas aman yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Menurut siaran pers dalam laman resmi greenpeace.org dikutip Jumat (8/3/2019), laporan berjudul IQAir AirVisual 2018 World Air Quality Report dan daftar kota-kota paling tercemar di dunia mengungkap tentang hal tersebut. Polusi udara menelan korban sekitar tujuh juta jiwa di seluruh dunia setiap tahunnya, termasuk kerugian ekonomi.

Temuan dalam laporan tersebut menunjukkan dua kota paling berpolusi di Asia Tenggara adalah Jakarta, Indonesia dan Hanoi, Vietnam. Ibu Kota Indonesia ini berisiko menyusul kota-kota besar di Tiongkok dengan pencemaran udara tertinggi. Adapun, Beijing menempati peringkat 122 sebagai kota tercemar di dunia pada 2018.

Greenpeace mengungkapkan bahwa konsentrasi rata-rata tahunan PM2.5 di Jakarta pada 2018 sangatlah buruk. Jakarta Selatan mencapai 42.2 µg/m3 dan Jakarta Pusat mencapai 37.5 µg/m3.

"Dengan kata lain, konsentrasi PM2.5 di Kota Jakarta mencapai empat kali lipat di atas batas aman tahunan menurut standar Badan Kesehatan Dunia (WHO, yaitu 10 µg/m3 dan bahkan melebihi batas aman tahunan menurut standar nasional pada PP No. 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, yaitu 15 µg/m3," tulis laman tersebut. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Terancam seperti Bangkok tahun lalu

Kabut tipis menyelimuti udara di salah satu sudut kota Jakarta, Selasa (10/7). Tingkat polusi di Jakarta masuk dalam kategori tidak sehat sehingga menyebabkan pemandangan menjadi berkabut dan mengancam kesehatan pernapasan. (Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Peningkatan jumlah kendaraan pribadi di Jakarta setiap harinya menyebabkan kualitas udara menjadi buruk. Selain itu, sumber polutan lain seperti Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang ada di sekeliling Jakarta dalam radius 100 kilometer, berkontribusi terhadap meningkatnya pencemaran.

Pemodelan Greenpeace juga menemukan bahwa PLTU Batubara yang beroperasi berkontribusi sebanyak 33 sampai 38 persen dari konsentrasi PM2.5 harian di Jakarta pada kondisi terburuk.

"Buruknya kualitas udara juga pernah terjadi di Jakarta dengan level konsentrasi PM2.5 yang sama dengan Bangkok, yaitu pada bulan Juli dan Agustus," ujar Kepala Kampanye Iklim dan Energi Greenpeace Asia Tenggara Tata Mustasya.

 

Tahun lalu, masalah kualitas udara di Bangkok, Thailand menjadi perhatian serius dari pemerintah. Mereka menutup ratusan sekolah dan melakukan penyemprotan air di udara dengan drone.

Sayangnya, Tata menyatakan bahwa pemerintah Indonesia masih menyangkal bahwa polusi udara yang ada sudah berada dalam kategori berbahaya dan menyatakan udara kota Jakarta masih dalam kategori sehat. Untuk itu, Tata meminta agar standar pengukuran polutan diperkuat, serta memperbanyak stasiun pemantauan kualitas udara yang dianggapnya "menjadi hal yang sangat mendesak untuk dilakukan oleh pemerintah Indonesia."

"Tindakan nyata yang perlu dilakukan oleh pemerintah daerah dan nasional untuk mengatasi dampak polusi udara adalah dengan menyediakan infrastruktur pemantauan dan pelaporan yang memadai. Penyebab umum di seluruh dunia yang paling nyata adalah pembakaran bahan bakar fosil: batu bara, minyak, dan gas," kata Direktur Eksekutif Greenpeace Asia Tenggara Yeb Sano dalam pernyataan resminya.

"Yang perlu kita lihat adalah, para pemimpin harus berpikir serius tentang kesehatan kita dan perubahan iklim dengan memastikan transisi yang adil dari bahan bakar fosil menuju energi terbarukan sambil memberi tahu kita dengan jelas bagaimana kualitas udara kita, sehingga kita bisa mengambil langkah-langkah untuk mengatasi krisis kesehatan dan iklim ini," tambah Yeb Sano.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Sulung Punya Hobi Mahal, Nikita Mirzani: Miminya Kan Orang Kaya

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

JawaPos.com, Jakarta - Putri sulung Nikita Mirzani, Loli, memiliki kemampuan di olahraga memanah. Sebagai orangtua, Nikita mendukung hobi sang putri.

Apalagi, belum lama ini putri Nikita Mirzani ini memenangkan perlombaan dalam turnamen yang diadakan antarsekolah.

Nikita Mirzani bangga dengan prestasi yang diraih anak perempuan satu-satunya itu.

"Bangga, ini mau turnamen lagi. Bulan Maret, tanggal 24 Maret (2019)," ujar Nikita Mirzani, di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2019).

 

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

Dukung Hobi Mahal Putrinya

(Instagram/nikitamirzanimawardi_17)

Nikita Mirzani tak mempermasalahkan biaya mahal yang harus dikeluarkannya untuk mendukung hobi putrinya tersebut.

"Kan dia tahu miminya orang kaya. Jadi dia tidak membuang kesempatan sia-sia gitu," lanjut Nikita Mirzani. 

Pesan pada Anak

Nikita Mirzani mengaku selalu berpesan kepada dua anaknya agar tidak mudah puas setelah memenangkan sesuatu. Sebaliknya, terus melatih diri agar lebih baik lagi.

"Kalau Niki bilang, 'Kalau menang, kamu harus bersyukur. Jangan seneng di situ aja. Kalau kalah berarti kamu harus ada yang diperbaiki'. Tapi, Loli termasuk anak yang pinter sih. Dia udah tahu gitu kalah-menang untuk apa, dia udah ngerti," ungkap pemain film Nenek Gayung ini. (JawaPos.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penampakan Batik Jokowi yang Jadi Viral

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah batik dibuat oleh seorang penjahit di Solo untuk Jokowi kampanye. Batik dibuat dengan pola Mega Mendung dan beberapa variasi warna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Ada Ribuan Galaksi yang Hidup di Alam Semesta

Posted: 08 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tahukah kamu kalau selain Bima Sakti--galaksi yang kita huni saat ini--terdapat galaksi lain yang 'hidup' di alam semesta?

Kira-kira, ada berapa banyak galaksi yang ada? Belasan, puluhan atau ratusan?

Jika kamu masih bertanya-tanya, jawabannya adalah ribuan. Ya, ada sekitar 1.300 galaksi yang ada di alam semesta.

Sebelumnya, NASA hanya mendeteksi sekitar 70 galaksi yang ada selain galaksi Bima Sakti.

Seperti dilansir Mirror pada Sabtu (9/3/2019), temuan menakjubkan ini diperlihatkan oleh teleskop radio MeerKAT yang dimiliki proyek SKA (Square Kilometre Array) di Afrika Selatan.

Diketahui, SKA memiliki sekitar 64 alat penerima (receptor) berupa parabola yang bertugas untuk mencari galaksi di Tata Surya.

Nantinya, SKA akan menambahnya menjadi 3.000 untuk memperdalam pencarian galaksi tersebut.

"Berdasarkan dari hasil yang kami dapat pada hari ini, kami yakin MeerKAT akan menjadi salah satu teleskop terkemuka yang dapat digunakan di dunia astronomi," kata Justin Jonas, Chief Technologist SKA.

Para ilmuwan dari SKA belum bisa mendeteksi lebih detail 1.300 galaksi yang mereka temukan.

Untuk itu, 3.000 alat penerima dibutuhkan agar mereka bisa lebih 'jauh' meneliti galaksi liar itu.

Teleskop MeerKAT telah beroperasi secara utuh dengan kapasitas maksimal pada akhir 2017. Sementara, 3.000 parabola MeerKAT akan rampung mulai 2020.

Teleskop tersebut nantinya tak akan mencari jejak galaksi di luar angkasa, ia juga akan mencari jejak lubang hitam, dark matter dan benda alami lainnya untuk mengungkap asal usul terciptanya alam semesta.

 

NASA Tangkap Objek Galaksi Asing, Warnanya Ungu Merona Cantik

Ilustrasi Andromeda dan Galaksi Bima Sakti di langit malam (NASA)

Teleskop NASA, belum lama ini berhasil menangkap gambar dua objek yang diistilahkan dengan nama "Superbubble" di sebuah galaksi yang lokasinya berjarak jutaan tahun cahaya dari Bumi.

Jika objek 'bubble' yang ada di dekat Bumi mengandung sedikit udara atau gas, objek kali ini justru mengandung gas yang lebih berat.

Astronom NASA percaya kalau objek Superbubble ini dibentuk saat kandungan lubang hitam supermasif terhempas, dan menciptakan energi partikel dari medan magnetik.

Maka itu, warna objek ini sangat unik, yakni berwarna ungu dengan pendaran putih bercahaya merona.

Kedua objek ini berlokasi di galaksi bernama NGC 3079, yang lokasinya sekitar 67 juta tahun cahaya dari Bumi.

Gambar yang diambil tersebut merupakan kombinasi dari data X-ray bantuan Chandra X-ray Observatory dan data optik teleskop Hubble milik NASA. Demikian dilansir Mirror pada Jumat (8/3/2019).

Lebih Penuh Energi

Galaksi Bima Sakti (NASA)

Partikel dari objek tersebut, kata astronom, lebih memiliki energi ketimbang dari partikel yang diciptakan partikel penumbuk hadron raksasa, di mana merupakan mesin akselerator partikel terkuat yang pernah diciptakan manusia.

Astronom juga percaya kalau objek Superbubble ini bisa menjadi sumber cahaya kosmik, yang menjadi partikel penuh energi.

Partikel penuh energi tersebut, diyakini bisa menciptakan 'shockwave', gelombang ledakan supernova yang bisa mengakselerasikan partikel ke energi lebih besar 100 kali dari yang diciptakan penumbuk hadron raksasa.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

36 Negara Mengutuk Arab Saudi atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Posted: 08 Mar 2019 08:58 PM PST

Liputan6.com, Jenewa - Sebanyak 36 negara mengutuk Arab Saudi atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi. Kecaman disuarakan dalam sebuah pertemuan di Dewan HAM PBB di Jenewa pada Kamis 7 Maret 2019.

Sebuah pernyataan yang dibacakan oleh Islandia atas nama sekelompok negara menyatakan "keprihatinan signifikan" tentang pelanggaran yang dilaporkan di Arab Saudi dan menuntut keadilan setelah pembunuhan Khashoggi.

"Investigasi atas pembunuhan itu harus cepat, efektif dan menyeluruh, independen dan tidak memihak, dan transparan. Mereka yang bertanggung jawab harus dimintai pertanggungjawaban," tambah pernyataan yang dibacakan oleh Duta Besar Islandia untuk PBB di Jenewa, Harald Aspelund, dikutip dari NDTV India, Sabtu (9/3/2019).

Ia meminta pihak berwenang Saudi "untuk mengungkapkan semua informasi yang tersedia" tentang penyelidikannya sendiri ketika bekerja sama dengan penyelidikan PBB yang terpisah mengenai kematian Jamal Khashoggi.

Pernyataan itu didukung oleh negara-negara Uni Eropa, Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

Organisasi masyarakat sipil, Human Rights Watch (HRW) mengatakan pernyataan itu adalah "aksi kolektif pertama" di Dewan HAM tentang situasi hak asasi manusia di Arab Saudi, yang selama ini dianggap kerapp berhasil menghindari kritik di badan PBB tersebut.

Langkah Penting Menuju Keadilan

Direktur HRW Jenewa John Fisher menyebutnya "langkah penting menuju keadilan" dan mendesak "lebih banyak pengawasan" terhadap negara itu.

Menanggapi pernyataan itu, Duta Besar Arab Saudi untuk PBB di Jenewa mengutuk penggunaan "pernyataan bersama untuk tujuan politik."

"Gangguan dalam urusan dalam negeri dengan kedok membela hak asasi manusia sebenarnya merupakan serangan terhadap kedaulatan kita," kata duta besar Abdulaziz Alwasil.

Khashoggi, seorang kontributor Washington Post dan pengkritik Putra Mahkota Mohammed bin Salman, dibunuh di konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Arab Saudi awalnya mengatakan tidak tahu nasib Jamal Khashoggi, namun kemudian mengubah pengakuannya setelah dunia mendesak Riyadh untuk bersikap transparan.

Sejak itu Negeri Petrodollar menyalahkan "sekelompok agen jahat" atas kematian Khashoggi dan jaksa penuntut umum kerajaan telah mendakwa 11 orang atas pembunuhannya.

Pelapor khusus PBB untuk eksekusi di luar proses hukum dan sewenang-wenang, Agnes Callamard, sedang melakukan penyelidikan atas pembunuhan tersebut.

Tetapi Callamard adalah seorang ahli hak asasi manusia independen yang tidak berbicara untuk PBB. Di sisi lain, komunitas internasional telah menyerukan Sekretaris Jenderal Antonio Guterres untuk mendorong penyelidikan penuh yang didukung PBB.

 

Simak video pilihan berikut:

Jasad Jamal Khashoggi Dipanggang dalam Oven?

Anggota asosiasi wartawan Turki-Arab memegang poster dengan foto-foto Jamal Khashoggi, saat mereka mengadakan protes di dekat konsulat Arab Saudi di Istanbul pada Senin, 22 Oktober 2018 (AP/Lefteris Pitarakis)

Sebuah film dokumenter mengklaim telah mengungkap nasib jasad jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi yang tewas terbunuh di Konsulat Saudi di Istanbul pada Oktober 2018.

Film itu, yang disusun oleh Al Jazeera Arabic dan tayang Minggu pekan lalu, mengklaim bahwa kemungkinan besar jasad Khashoggi dibakar dalam oven besar di kediaman jenderal Konsulat Saudi di Istanbul, demikian seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa 5 Maret 2019. Baca selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Membuat Magnet Sederhana, Lengkap dengan Penjelasannya

Posted: 08 Mar 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Magnet pertama kali ditemukan oleh orang Yunani di sebuah tempat bernama Magnesia. Dari situlah kata magnet berasal dan secara luas digunakan. Bentuk magnet yang paling pertama ditemukan berupa magnet alam berbentuk batu.

Seiring berkembangnya pengetahuan dan teknologi, magnet kini telah digunakan pada banyak alat elektronik seperti telepon, dinamo, alat ukur, dan banyak lainnya. Pada dasarnya, benda-benda yang bisa ditarik oleh magnet adalah benda yang mengandung unsur logam. Namun, tidak semua logam bisa terpengaruh daya tarik logam. Salah satu logam dengan daya tarik magnet kuat adalah besi dan baja.

Kutub Utara dan Kutub Selatan Magnet

Magnet sendiri memiliki dua kutub, yaitu kutub utara dan kutub selatan. Dua kutub tersebut adalah bagian magnet yang memiliki gaya paling kuat. Bahkan ketika magnet dipecah menjadi bagian terkecil pun, selalu ada kutub utara dan selatan. Seperti yang diketahui, jika dua kutub magnet yang sama didekatkan, maka akan terjadi tolak menolak.

Sebaliknya, jika dua kutub magnet berbeda didekatkan, maka dua magnet tersebut akan menghasilkan gaya tarik-menarik. Mengenai bentuknya, magnet dapat dijumpai dalam berbagai bentuk dan ukuran. Yang sering ditemukan adalah magnet berbentuk batang lurus. Namun, ada juga bentuk tapal kuda dan jarum.

Berbicara mengenai magnet, ternyata kamu bisa membuat magnet buatanmu sendiri, lho. Ada 3 cara membuat magnet yang bisa kamu lakukan di rumah. Syaratnya, kamu hanya perlu menyiapkan magnet permanen serta benda yang ingin kamu ubah menjadi magnet.

Selengkapnya, berikut Liputan6.com sajikan 3 cara mudah membuat magnet yang dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2019).

1. Cara Membuat Magnet dengan Menggosok

Cara membuat magnet yang pertama adalah dengan menggosok. Kamu hanya membutuhkan magnet permanen dan benda yang ingin kamu aliri. Benda yang bisa dialiri magnet adalah benda yang telah memiliki sifat kemagnetan, misalnya besi dan baja. Benda tersebut terdiri atas domain maupun magnet kecil yang disebut dengan magnet elementer.

Caranya adalah dengan menggosokkan magnet permanen pada benda yang ingin kamu jadikan magnet. Gosokkan secara satu arah dengan beraturan. Gerakan yang searah dan beraturan membuat aliran magnet permanen terhadap benda menjadi terpengaruh magnet.

Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, kamu hanya perlu melihat ujung magnet permanen yang kamu gosokkan. Maka, benda yang kamu gunakan untuk menerima aliran magnet adalah kutub yang berlawanan dengan ujung magnet permanen.

2. Cara Membuat Magnet dengan Elektromagnetik

Cara membuat magnet yang kedua adalah dengan elektromagnetik. Sesuai namanya, elektromagnetik merupakan alternatif membuat magnet dengan cara aliran arus listrik. Sumber listrik yang dapat kamu manfaatkan bisa berupa batu baterai segala ukuran.

Elektromagnetik membutuhkan arus listrik searah atau direct current (DS). Artinya, kamu butuh dua buah batu baterai agar bisa mempraktikkan cara ini. Selain itu, siapkan benda yang ingin kamu ubah menjadi magnet, misalnya paku besi. Siapkan juga kabel kumparan atau kawat besi sebagai perantara aliran.

Pertama, tumpuk dua batu baterai untuk dihubungkan dengan kabel kumparan. Hubungkan kedua ujung kabel dengan kutub positif dan negatif baterai. Jangan lupa untuk mengupas ujung kabel kumparan menggunakan gunting. Selanjutnya, lilitkan kabel pada paku besi. Maka, magnet buatan kamu telah siap digunakan.

Untuk menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan, kamu bisa gunakan kaidah tangan kanan. Yaitu dengan menggenggam paku besi tadi pada posisi ibu jari dibuka, sedangkan jari lain tetap menggenggam. Dengan demikian, ibu jari menunjukkan arah kutub utara magnet.

3. Cara Membuat Magnet dengan Induksi

Cara membuat magnet yang ketiga adalah dengan cara induksi. Cara kerja induksi terjadi karena pengaruh gaya magnet pada sebuah benda magnet elementer atau konduktor. Siapkan magnet permanen dengan benda yang ingin kamu ubah menjadi magnet. Letakkan dua benda tersebut secara berdekatan dengan posisi vertikal.

Kemudian, letakkan jarum atau benda lain yang bisa menempel dengan magnet. Pastikan posisi magnet permanen dan konduktor tidak berubah-ubah. Amati gerakan jarum yang telah kamu letakkan di bawah konduktor. Pelan-pelan, jarum tersebut akan menempel pada konduktor.

Namun, jika magnet permanen dijauhkan, secara otomatis konduktor akan kehilangan sifat kemagnetannya. Berbeda ceritanya jika konduktor yang kamu gunakan adalah batang baja. Batang baja masih bisa menarik jarum meski magnet permanen telah dijauhkan.

Medan Magnet

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa gaya tarik magnet paling kuat berada pada kutub utara dan kutub selatan. Namun tidak berarti sisi lain magnet tidak bisa menarik benda logam. Gaya-gaya magnet juga timbul di sekitar magnet selain di dua kutub. Gaya tersebut dikenal dengan medan magnet.

Medan magnet bisa digambarkan dengan menabur serbuk besi di atas kaca yang di bawahnya ditempelkan magnet. Maka serbuk besi tersebut akan menempel seolah dihubungkan langsung dengan magnet. Untuk mengetahui bagian terkuat magnet, kamu bisa melihat serbuk besi yang terlihat rapat satu sama lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan Agar Solskjaer Jadi Manajer Permanen MU Terus Mengalir

Posted: 08 Mar 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer terus mendapatkan dukungan untuk bertahan di Manchester United (MU). Kali ini dukungan datang dari Ryan Giggs.

Legenda MU itu mengaku terkesan dengan performa mantan klubnya sejak Solskjaer tiba di Old Trafford pada Desember 2018. Juru strategi asal Norwegia itu menggantikan Jose Mourinho yang dipecat MU.

Keberhasilan MU menyingkirkan Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar Liga Champions, baru-baru ini, membuat banyak orang terkesan. Pasalnya, The Red Devils tiba di Parc des Princes dengan serangkaian situasi yang tak menguntungkan.

MU dalam kondisi tertinggal setelah menelan kekalahan di leg pertama dengan skor yang cukup berat, 0-2. Tak hanya itu, The Red Devils juga dalam keadaan pincang lantaran 10 pemainnya tak bisa tampil akibat cedera dan hukuman larangan bermain.

Giggs Terkesima

Striker muda Manchester United (MU) Mason Greenwood merayakan gol Marcus Rashford pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Francois Mori)

Di luar dugaan, MU keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1. Walau agregat menunjukkan skor imbang 3-3, Setan Merah tetap dinyatakan lolos ke babak perempat final lantaran unggul dari segi agresifitas gol tandang.

Comeback luar biasa itu lalu mengundang decak kagum dari banyak kalangan, termasuk juga Giggs. Pria yang kini sedang menukangi Timnas Wales tersebut sampai mendukung Solskjaer bertahan karena telah membawa hasil-hasil positif kembali ke bekas klubnya itu.

"Ini fantastis," tutur Giggs di Johannesburg, Afrika Selatan, dikutip dari Goal. "Tak ada yang memimpikan cara bemain tim seperti ini sejak dia mengambil alih," sambungnya.

"Hasilnya, hanya ada kekalahan atas PSG, yang bisa saja terjadi. Sejauh ini, dia telah melawan Liverpool, Chelsea, Tottenham, dan Arsenal dan dia tak terkalahkan di laga-laga tersebut. Jadi, apa yang ia lakukan pada rentang waktu yang pendek ini luar biasa," lanjutnya.

MU Wajib Konsisten

Dalam pandangan Giggs, klub seperti Manchester United harus menuai hasil positif secara konsisten. Hal itu diyakini tidak mudah, tapi bagus untuk menjadi sebuah tes kelayakan bagi Solskjaer sebelum mendapat kontrak permanen.

"Di Manchester United, anda harus memiliki konsistensi itu setiap pekannya, dan itu tidaklah mudah," tambahnya.

"Dia memiliki awal mula yang baik dalam karir kepelatihannya di United. Bila dia mendapatkan jabatan itu, yang saya harap ia mendapatkannya, dia harus mempertahankan konsistensi itu, yang tidak mudah dilakukan di Premier League serta trofi lainnya," tandasnya.

Kiprah Solskjaer bersama Manchester United bisa kembali disaksikan pada Minggu (10/3/2019) mendatang. Dalam laga lanjutan Premier League tersebut, Romelu Lukaku dkk akan berhadapan dengan tim raksasa Inggris lainnya, Arsenal.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edukasi Generasi Milenial soal Fintech, OJK Gelar Seminar Nasional

Posted: 08 Mar 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Solo - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) gelar Seminar Nasional bertajuk Fintech Goes To Campus: Kolaborasi Milenial dan Fintech Menyongsong Revolusi Industri 4.0 pada Sabtu (9/3/2019).

Seminar yang diadakan di Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) ini bertujuan mengedukasi generasi milenial tentang inovasi financial technology (fintech) dengan menghadirkan sejumlah pelaku bisnis fintech.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso dan Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara turut menjadi keynote speaker dalam acara ini. Dengan langkah ini, pemerintah secara langsung mendukung eksistensi fintech menjadi salah satu bisnis yang diakui dan terdaftar di OJK.

"Perkembangan fintech sudah tidak mampu dibendung dan telah merambah ke seluruh sektor tak terkecuali sektor jasa keuangan," ungkap Wimboh di Auditorium UNS, Sabtu pekan ini.

Acara ini terdiri dari sesi seminar, sesi Fintech Talk dan sesi Coaching Clinic. Pada sesi Fintech Talk, para peserta akan mendapat wawasan dari diskusi mengenai fintech dan perkembangannya, sementara pada sesi Coaching Clinic, terdapat para ahli yang siap memberikan pelatihan untuk mendirikan start-up.

Nantinya, diharapkan rangkaian kegiatan ini bisa menumbuhkan semangat milenial dalam belajar dan bereksplorasi perihal fintech hingga bisa membangun start-up sendiri.

"Generasi muda ini potensinya besar sekali untuk memahami, jangan menjadi objek, bagaimana supaya fintech ini benar-benar dikuasai. Jangan hanya jadi konsumen, tambah Wimboh.

 

Ada 117 Fintech Sedang Urus Izin di OJK

Ilustrasi Fintech. Dok: edgeverve.com

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaporkan, saat ini ada 117 perusahaan financial technology (fintech) yang tengah mengajukan izin di OJK. 

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK, Riswinandi mengatakan, jumlah perusahaan yang mengajukan izin ini lebih banyak setiap tahunnya. Hal ini sekaligus menandakan industri fintech terus berkembang.

"Saat ini ada 117 fintech yang sedang proses pengajuan izin di OJK. Kalau untuk yang audah terdaftar itu ada 99 fintech," kata Riswinandi di Gedung BEI, Jakarta, Jumat 8 Maret 2019.

Mengingat per hari ini, OJK telah meresmikan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI), maka menjadi keanggotaan asosiasi tersebut menjadi salah satu syaratnya. Riswinandi berharap, dengan semakin banyaknya fintech di Indonesia, bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan inkkusi keuangan.

"Hadirnya fintech diharapkan mampu kontribusi dalam meningkatkan indeks inklusi keuangan yang mana pada 2016 indeks inklusi keuangan 57,82 persen dan akhir tahun ini pemerintah targetkan 75 persen," ujar dia.

Mantan Dirut Pegadaian ini juga memaparkan hingga akhir Januari 2019, penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending mencapai Rp 25,59 triliun dari 99 penyedia layanan telah terdaftar yang bergerak di bidang produktif, multiguna konsumtif dan syariah. 

Dari sisi lender, sudah ada 267.496 entitas yang memberikan pinjaman kepada lebih dari 5 juta masyarakat dengan lebih dari 17 juta transaksi. (yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Bertekad Bawa Timnas Sepakbola Masuk Piala Dunia Bila Jadi Presiden

Posted: 08 Mar 2019 08:33 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto bertekad membawa tim nasional sepakbola Indonesia berlaga di Piala Dunia jika menjadi presiden di periode berikutnya. Prabowo bakal memantau langsung latihan tim merah putih supaya hal tersebut terwujud.

Awalnya, Prabowo mengatakan bahwa peringkat sepakbola Indonesia merosot. Dari data yang ia kutip, peringkat sepakbola Indonesia saat ini berada di posisi 160 dari 211.

"Sepakbola peringkat kita 160 dari 211 di bawah Fillipina dan Thailand. Masih agak di atas Singapura dan Malaysia. Tapi harus hati-hati," kata Prabowo saat pidato di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI), Kota Bandung, Jawa Barat Jumat malam 8 Maret 2019.

Menurut Prabowo, sepakbola adalah harga diri bangsa. Oleh karenanya, mantan Danjen Kopassus tersebut ingin menggalakkan kualitas sepakbola Indonesia.

"Tekad saya Indonesia harus masuk piala dunia. Nanti kalau saya terima mandat saya akan awasi langsung tim nasional sepakbola. Kalau perlu saya akan tungguin latihan mereka," tegas Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra itu mengaku bakal merekrut putra terbaik bangsa untuk mengharumkan sepakbola Indonesia di kancah dunia.

"Masa dari 267 juta rakyat, nggak punya 30 pemain sepakbola. Kalau dulu cari pemain-pemain hebat keturunan Indonesia. Yang mirip-mirip Indonesia kita rekrut, yang penting merah putih berkibar," tandas Prabowo Subianto.

Peringkat dari FIFA

Sebelumnya, keberhasilan Bima Sakti memimpin Timnas Indonesia sebagai pelatih interim dalam dua laga uji coba internasional kontra Myanmar dan Hong Kong pada pekan internasional Oktober 2018 berimbas positif kepada peringkat Indonesia di ranking FIFA.

Dalam ranking FIFA yang dirilis pada Kamis 25 Oktober 2018, Indonesia naik empat peringkat ke posisi 160.

Timnas Indonesia berhasil menang 3-0 atas Myanmar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, pada 10 Oktober. Sementara itu, dalam laga uji coba berikutnya, Timnas Indonesia bermain imbang 1-1 kontra Hong Kong di stadion yang sama. 

Hasil positif dalam dua laga uji coba internasional yang dilakukan oleh Timnas Indonesia membawa pengaruh positif. Indonesia kini memiliki 1.004 poin, mendapatkan tujuh poin tambahan ketimbang yang didapatkan pada bulan lalu.

Perolehan tambahan poin itu pun membuat Indonesia naik empat peringkat ke posisi 160 menggeser Belize, Barbados, Vanuatu, dan Nepal. Cukup signifikannya lonjakan peringkat Indonesia tak lepas dari Belize yang turun empat peringkat dan Nepal yang turun satu peringkat.

Di antara negara-negara Asia Tenggara, Indonesia berada di peringkat kelima, di bawah Vietnam, Filipina, Thailand, dan Myanmar. Vietnam berada di peringkat terbaik negara Asia Tenggara dengan menempati peringkat ke-102 dalam ranking FIFA, dengan 1.220 poin dan tidak ada perubahan dari bulan lalu.

Filipina turun dua peringkat ke posisi 116 dengan 1.172 poin. Thailand menyusul di peringkat ke-121 dengan raihan 1.154 poin. Myanmar berada di peringkat ke-141 dengan 1.080 poin. 

Sementara itu, negara Asia Tenggara yang berada di bawah Indonesia dalam ranking FIFA adalah Singapura (165), Malaysia (169), Kamboja (170), Laos (181), Timor Leste (191), dan Brunei Darussalam (196).

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Patung Michael Jackson Dicopot dari Museum Sepakbola Nasional Inggris

Posted: 08 Mar 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Film dokumenter mengenai Michael Jackson berjudul Leaving Neverland dirilis awal pekan ini di HBO. Dilansir Billboard, Kamis (7/3/2019), film ini bikin heboh.

Lantaran, ada tuduhan dari Wade Robson dan James Safechuck bahwa Michael Jackson pernah melecehkan mereka selama bertahun-tahun, ketika masih anak-anak di Neverland Ranch.

Mendengar kabar tersebut, museum Sepakbola Nasional di Manchester, yaitu musem olahraga paling populer di Inggris, yang memajang patung Michael Jackson mengambil tindakan.

Mereka langsung menurunkan patung Michael Jackson yang sudah ada sejak 2014 silam.

 

Didukung Keluarga

Michael Jackson (VINCENT AMALVY / AFP)

Film dokumenter ini telah menyulut perang media sosial dari kedua kubu. Banyak selebritas dan penggemar berbicara mendukung Robson dan Safechuck.

Sementara, keluarga dan pendukung Michael Jackson membela pelantun "Be It" ini. Mereka menanyakan kredibilitas penuduhnya.

 

Cerita 2 Pria

Michael Jackson (AP File Photo)

Pria bernama Wade Robson dan James Safechuck ini mengungkapkan pengalaman mereka secara gamblang. Termasuk saat sang Raja Pop tersebut mengajak mereka berhubungan seksual.

Dilansir dari Vulture, Jumat (8/3/2019), keduanya mengaku sudah dicabuli sejak kecil oleh Michael Jackson.

Berawal dari ciuman, hal ini disebut makin parah saat keduanya beranjak remaja. (Antaranews.com)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: Barito Putera Vs Persita Tangerang di Indosiar

Posted: 08 Mar 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Malang - Misi mencuri poin penuh bakal diusung Barito Putera dan Persita Tangerang saat bentrok pada laga kedua Grup E Piala Presiden 2019, Sabtu (9/3/2019) WIB di Stadion Kanjuruhan. Pasalnya, kedua tim gagal memetik poin pada laga perdana di Piala Presiden 2019.

Barito Putera dikalahkan tuan rumah Arema 2-3, sementara Persita digebuk Persela Lamongan 0-2. Jika ingin menjaga peluang lolos, Barito dan Persita harus menang pada laga kedua ini.

"Setelah kalah melawan Arema, pertandingan ini (Persita) sangat menentukan langkah kami selanjutnya. Jadi, harus menang," kata Pelatih Barito, Jacksen F. Tiago.

Sementara itu, Pelatih Persita, Widodo Cahyono Putro menuturkan timnya telah mengevaluasi kekalahan melawan Persela. Ia pun ingin Egi Melgiansyah dan kawan-kawan tampil lepas.

"Secara umum saya ingin melihat pemain kembali memberikan perlawanan di lapangan. Mereka harus main lepas," kata Widodo.

Live streaming Barito vs Persita di Piala Presiden 2019 akan dimulai pukul 15:30, disiarkan langsung Indosiar. Dapatkan link live streaming di halaman berikutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Barito Putera vs Persita Tangerang, silakan klik di sini..

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Yoo Jae Hoon (K); Andri Ibo, Artur Jesus, Doni Monim, Rony Beroperay (B); Paulo Sitanggang, Lucas Silva, Bayu Pradana (T); Prisca Womsiwor, Rafael Silva, Yacob Sayuri (D)

Pelatih: Jacksen Tiago

Persita (4-4-2): Annas Fitrianto (K); Amarzukih, M. Roby, Rio Ramandika, Jeki Arisandi (B); Kito Chandra, Egi Melgiansyah, M. Toha, Ade Jantra (T); Diego Banowo, Azka Fauzi (D)

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belanja, Chelsea Olivia Borong Seledri Segar 8 Kg

Posted: 08 Mar 2019 08:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah kesibukan, Chelsea Olivia menyempatkan diri mampir ke swalayan. Dalam sebuah video yang diunggah dalam akun Instagram-nya, beberapa waktu lalu, istri Gleen Alinskie ini terlihat bersemangat memasukkan seledri segar ke dalam kantong plastik putih.

Mengenakan baju hitam dan celana warna senada, ibu satu anak ini terlihat senang membawa sayuran segar itu. Sambil tertawa, perempuan 26 tahun tersebut terlihat mengangkat satu ikat seledri.

"My happiness adalah ketemu celery fresh! Langsung diborong semua yang ada di grocery 8kg," tulis Chelsea Olivia di sebelah kanan videonya, Rabu, 6 Maret 2019.

Ia kemudian menaruh sekantong seledri tersebut ke atas troli barang yang telah disiapkan. Hal itu membuat banyak warganet bertanya-tanya, termasuk Bubah Alfian dan Kalina Ocktaranny.

"Mau bikin bakso dek?" tanya Bubah. "Astaga de, buat apaan banyak banget?" tanya Kalina terkejut.

Namun, Chelsea Olivia tak menjawab pertanyaan Bubah dan Kalina. Salah satu warganet kemudian membantu menjawab. "@kalinaocktaranny buat jus obat gatal-gatal tadi lihat di story @chelseaoliviaa #bantujawab," jelas akun @keziamagda18.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lembaga Survei Abal-Abal Bermunculan Jelang Pilpres, Begini Mendeteksinya

Posted: 08 Mar 2019 08:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Pemilihan Presiden 17 April 2019, bermacam lembaga survei merilis temuan keterpilihan pasangan calon presiden. Anggota Dewan Etik Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) Hamdi Muluk, menjelaskan cara mendeteksi lembaga yang palsu.

Hamdi menyebut cara paling mudah adalah melihat latar belakang orang-orang di balik survei tersebut. Apakah memiliki latar akademik yang memadai.

"Ada begini, dia bikin survei abal-abal. Gampang men-detect abal-abal, lihat apakah orang-orang yang terlibat di situ ada akademik background yang memadai," ujar Hamdi dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2019).

Kedua, masyarakat diimbau melihat bagaimana reputasi sebuah lembaga survei. Misalnya, bisa dilihat apakah lembaga survei itu rutin mengeluarkan beragam hasil sigi, atau pernah sebagai alat kampanye politik.

Ahli psikologi politik Universitas Indonesia itu mencontohkan, ada lembaga survei yang salah merilis hasil hitung cepat pada Pilpres 2014. Adapun yang dimaksud empat lembaga, JSI, Puskaptis, LSN, dan IRC yang memenangkan Prabowo Subianto Hatta Rajasa.

Hitung Cepat Tak Boleh Salah

Hamdi pun menjelaskan, dalam hitung cepat sulit terjadi kesalahan karena menghitung apa yang sudah terjadi. Kemungkinan salah, kata dia hanya nol sekian persen. Berbeda dengan survei jajak pendapat.

"Hitung cepat tidak boleh salah karena dia hanya hitung sesuatu yang sudah terjadi, perilaku yang sudah terjadi," katanya.

Imbasnya, Persepi mengeluarkan JSI dan Puskaptis dari keanggotaannya. Hamdi pun mengimbau masyarakat juga media untuk sadar terhadap rekam jejak tersebut. "Harusnya jadi memori publik orang-orang yang melakukan itu dan lembaganya," tandasnya.

 

Reporter: Ahda Baihaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simon McMenemy Paparkan Peran Pemain Senior di Timnas Indonesia

Posted: 08 Mar 2019 08:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (8/3/2019), sudah diikuti 24 pemain. Pelatih Pelatih Simon McMenemy menggabungkan pemain senior dan pemain muda di dalam skuat asuhannya. Juru strategi asal Skotlandia itu mengungkapkan peran penting pemain senior di dalam timnya.

Seperti halnya ketika menangani Pelita Bandung Raya dan Bhayangkara FC, Simon McMenemy memanggil beberapa pemain muda untuk memperkuat Timnas Indonesia dalam persiapan menghadapi Myanmar di pertandingan uji coba internasional pada 25 Maret 2019. Evan Dimas, Febri Hariyadi, Zulfiandi, Wahyu Subo Seto, dan Alsan Sanda merupakan pemain-pemain muda yang dibawa McMenemy ke Tim Garuda.

Namun, nama-nama mentereng sebagai pemain senior ikut menghiasi Skuat Garuda. Ilija Spasojevic, Stefano Lilipaly, dan Fachruddin Aryanto, hingga pemain yang sudah lama tidak memperkuat Timnas Indonesia, seperti Yustinus Pae, Greg Nwokolo, dan Samsul Arif ada dalam skuat.

Pelatih yang membawa Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017 itu mengungkapkan alasan menggabungkan kualitas pemain muda dengan pengalaman pemain senior di Timnas Indonesia. "Selama beberapa tahun terakhir, saya mempersiapkan strategi untuk menghadapi pemain-pemain yang sudah senior, dan beberapa kali saya mengalami kekalahan ketika menghadapi pemain seperti itu," kata Simon McMenemy setelah sesi latihan Timnas Indonesia di Stadion Madya, Jakarta, Jumat malam (8/3/2019).

"Secara pribadi, saya ingin membuat tim ini berimbang antara pemain senior dan pemain muda." 

"Kadang pemain muda kesulitan ketika berhadapan dengan tim seperti China atau Vietnam. Pemain senior bagi saya sudah seperti asisten pelatih karena pengalaman mereka bisa membantu pemain muda seperti Febri, Zulfiandi, dan Evan untuk bisa lebih berkembang," lanjutnya.

 

Bertolak ke Australia

Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, mengamati latihan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan AIA, Phnom Penh, Kamis (21/2). Latihan ini persiapan jelang laga Piala AFF U-22 melawan Kamboja. (Bola.com/Zulfirdaus Harahap)

Setelah menjalani dua kali latihan di Stadion Madya, Timnas Indonesia akan bertolak ke Australia, Sabtu (9/3/2019). Tim asuhan Simon McMenemy itu melakukan pemusatan latihan di Perth hingga 17 Maret yang berlanjut dengan latihan di Bali hingga 21 Maret.

Pemusatan latihan dilakukan sebagai persiapan Tim Garuda menghadapi Myanmar dalam laga uji coba internasional pada 25 Maret 2019 di Myanmar.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: