Senin, 25 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Antam Kembangkan Taman Buah Nusantara di Bogor

Posted: 25 Mar 2019 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM; IDX: ANTM; ASX: ATM) dengan bangga mengumumkan bahwa perusahaan melakukan inisiasi pengembangan Taman Buah Nusantara di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

ANTAM mengembangkan 14 varian buah asli Indonesia sebanyak 515 bibit di areal seluas 2 hektar. Taman Buah Nusantara merupakan salah satu bagian dalam rencana strategis pengembangan Kawasan GeoEco EduToursim setelah Museum Tambang dan Kawasan Wisata Cikaret yang telah menjadi bagian dalam Taman Bumi Nasional yakni Geopark Pongkor, di Bogor Jawa Barat.

Direktur Human Capital & CSR ANTAM, Johan NB. Nababan, pProgram Taman Buah Nusantara merupakan salah satu implementasi pelaksanaan tanggung jawab sosial Perusahaan (CSR), khususnya di sektor pelestarian alam sekaligus peningkatan ekonomi masyarakat.

"Program iniakan menjadi salah satu infrastruktur yang memperkuat program CSR lainnya yang telah ada bahkan menjadibagian dalam Geopark Nasional. Sebagai Perusahaan dengan tata kelola pelaksanaan CSR yang baik, ANTAM senantiasa mewujudkan program yang berkelanjutan dan mendukung peningkatan kemandirian masyarakat," tutur Johan NB. Nababan. 

Mengenai hal itu, ada 14 varian buah nusantara asli Indonesia yang dikembangkan di antaranya adalah Durian Pelangi, Kelengkeng Aroma Durian, Kelengkeng New Kristal, Kelengkeng Verni, Alpukat Miki, Alpukat Aligator, Alpukat Si Kendil, Mamey Sapote Proletto, Sawo Jumbo, Jambu Kristal, Anggur Pohon, Pepaya Kalina, Murbei Jumbo, dan Miracle Fruit.

ANTAM bersama masyarakat melaksanakan program tersebut. Mulai dari persiapan dan penataan lahan yang telah dimulai sejak Desember 2018; Penanaman bibit tanaman buah, Pembangunan instalasi pengairan, dan Perawatan dan pendampingan program.

Perusahaan berharap program ini dapat memberikan stimulus berkembangnya nilai tambah baru dari produk pengembangan budidaya Taman Buah Nusantara. ANTAM juga melihat berbagai kemungkinan untuk pengembangan tanaman buah endemik yang ada di wilayah Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. 

Melalui program ini, Perusahaan juga berharap selain tercapaitujuan terbentuknya fungsi pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat, juga tercapai fungsi pengembangan sosialdan wisata dalam rangka penguatan Geopark Pongkor yang telah menjadi perhatian untuk menjadi Jaringan Geopark Global UNESCO. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Seni dan Macam-Macamnya, Salah Satunya Sebagai Media Kesehatan

Posted: 25 Mar 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seni adalah keahlian seseorang dalam membuat karya yang bermutu dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, maknanya, dan lain sebagainya. Seni dapat berupa kegiatan manusia dari berbagai bidang seperti karya visual, audio, atau pertunjukan untuk dihargai keindahan dan kekuatan emosinya.

Seni juga bisa diartikan sebagai hasil ciptaan manusia yang mengandung unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Pengertian seni secara etimologi berasal dari bahasa Sansekerta yaitu sani, yang memiliki arti pemujaan, persembahan, dan pelayanan.

Seni bisa dibilang sulit untuk dinilai dan sulit untuk dijelaskan, karena masing-masing orang memiliki pandangan tentang keindahan dan pandangan tentang sesuatu yang berbeda-beda menurut parameter mereka masing-masing.

Pada umumnya seni dibagi mejadi dua jenis yaitu seni murni dan seni terapan. Seni rupa murni adalah ungkapan daya cipta pembuatnya. Beberapa contoh seni murni adalah, seni lukis, seni grafis, seni patung, seni keramik, dan seni musik. Sedangngkan seni rupa terapan adalah seni yang memperhatikan nilai kepraktisan atau kegunaan dari sebuah karya seni. Seni terapan seringkali disebut dengan desain. Beberapa contoh seni terapan adalah desain produk, desain grafis atau desain komunikasi visual, desain bangunan atau arsitektur, desain interior dan masih banyak lagi.

Selain itu seni juga memiliki fungsinya masing-masing, untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fungsi seni, berikut ini Liputan6.com sudah merangkumnya, dari berbagai sumber, Selasa (26/03/2019).

Fungsi Seni Bagi Individu

Seniman asal inggris ini membuat sketsa wajah meggunakan jarum dan benang dengan banyak warna. (Sumber foto: @pajnsy/Instagram)

Untuk individu fungsi seni lebih sebagai alat untuk pemenuhan kebutuhan mereka.

Manusia adalah makhluk yang mempunyai keinginan untuk membahagiakan diri sendiri dan memenuhi kebutuhan diri sendiri. Selain itu manusia juga kerap mencurahkan emosi dan juga perasaannya melalui sebuah seni yang menggambarkan keadaanya, atau menggambarkan imajinasinya. Dari hasil mencurahkan imajinasi dan emosinya ini manusia kaan menciptakan sebuah seni yang bisa berharga.

Fungsi Seni Bagi Sosial

Anak-anak mengarak Ogoh-Ogoh selama atraksi Karnaval Seni Budaya Lintas Agama di kawasan Jalan Pemuda  Semarang, Minggu (25/3). Lima ogoh-ogoh yang didatangkan dari Bali ikut memeriahkan acara ini. (Liputan6.com/Gholib)

Manusia adalah makhluk sosial yang kehidupannya tidak jauh dari interaksi dengan orang lain dan lingkungan. Fungsi seni bagi sosial sendiri lebih sebagai media untuk memenuhi kebutuhan sosial tersebut.

1. Seni sebagai media kepercaaan

Fungsi seni sebagai media kepercayaan adalah dalam menyampaikan pesan religi kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana atau pakaian, upacara pernikahan, kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan masih banyak lagi. Contoh fungsi seni sebagai media kepercayaan adalah Candi Borobudur, dan relief-relief lainnya yang merupakan ilustrasi dari kitab suci suatu agama.

2. Seni sebagai media pendidikan

Fungsi seni sebagai media pendidikan juga sangat penting. Melalui seni, seseorang dapat belajar tentang nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang lebih menyenangkan lagi. Sehingga untuk menangkap sebuah informasi menjadi lebih mudah.

3. Seni sebagai media hiburan

Fat Velvet Bawakan Drama Ken Dedes dari Sudut Pandang Perempuan. (Foto: Image Dynamics for Ruang Kreatif: Seni Pertunjukan Indonesia)

Fungsi seni sebagai media hiburan di sini lebih banyak di dunia hiburan. Dunia hiburan mulai hiburan musik, hingga hiburan visual, atau hiburan audio visual memiliki seni yang berfungsi untuk membuat sebuah tontonan atau pertunjukan yang menarik khalayak.

4. Seni sebagai media informasi

Hampir sama dengan fungsi seni sebagai media hiburan, fungsi seni sebagai media informasi juga tidak jauh dari karya audio visual yang memberikan informasi yang menarik. Dengan seni, informasi akan lebih mudah di terima oleh orang lain.

5. Seni sebagai media kesehatan

Di zaman modren ini, banyak sekali seniman yang menciptakan seni yang membuat diri kita merasa nyaman bahkan lebih tenang ketika melihat, mendengar, atau merabanya. Contohnya saja, seni musik dapat menyembuhkan penyandang autisme, gangguan psikologis dari sebuah trauma kejadian.

Macam-macam Seni

Pementasan Teater Musikal Puisi-Puisi Cinta (Adrian Putra/Fimela.com)

1. Seni rupa

Seni rupa adalah salah satu cabang dari kesenian yang dapat dilihat dan berbentuk visual. Contoh dari seni nrupa adalah gambar, lukisan, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, dan multimedia.

2. Seni musik

Seni musik adalah sebuah karya yang menghasilkan bunyi sebagai unsur utamanya. Di dalam seni musik terdapat unsusr melodi, harmonisasi, dan juga perpaduan bunyi yang memberikan efek keindahan bagi yang mendengarnya.

3. Seni gerak

Seni gerak atau seni tari adalah salah satu jenis seni yang memanfaatkan gerakan tubuh sebagai keindahan. Keluesan dan kecocokan gerakan tubuh yang diiringi sebuah melodi atau ketukan membuat gerakan itu menjadi menarik dan dapat di lihat dan dinikmati.

4. Seni teater atau pertunjukan

Seni teater adalah seni yang memvisualisasikan imajinasi atau menggambarkan sebuah kejadian yang nyata atau tidak nyata. Seni teater juga bisa digabungkan dengan seni musik dan seni gerak bahkan seni rupa.

5. Seni sastra

Seni sastra adalah seni yang dinikmati melalui pendengaran dan penglihatan. Biasanya seni sastra akan berbentuk kata-kata yang menarik berkesan dan disampaikan dengan cara yang indah. Contoh dari seni sasatra ada puisi dan kaligrafi.

Nah, itu tadi ulasan mengenai fungsi seni dan macam-macamnya yang jarang diketahui.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TPA Banjarbakula Mampu Tampung 790 Ton Sampah per Hari

Posted: 25 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong pengelolaan sampah di daerah dengan membangun Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah skala regional.

Salah satu yang telah selesai dibangun Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya adalah TPA Sampah Regional Banjarbakula seluas 16 hektare (ha) yang terletak di Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.

"Pembangunan TPA Sampah Regional sangat efisien dalam mengolah sampah kawasan. Namun program ini tidak akan berjalan tanpa dukungan dari Pemerintah Kabupaten atau Kota, terutama dalam penyediaan lahan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (26/3/2019).

TPA Banjarbakula sendiri dibangun sejak 12 Mei 2017 dan telah rampung pada 30 November 2018. Proses pengerjaannya mengandalkan anggaran sebesar Rp 150 miliar dalam bentuk kontrak tahun jamak (Multi Years Contract) 2017-2018.

Anggaran tersebut digunakan untuk pembuatan area tampungan sampah, pembangunan unit pengolahan air lindi, bangunan pencucian kendaraan, garasi, jalan operasional, jembatan timbang, pengadaan aliran listrik, pos jaga, bangunan gerbang TPA, pagar keliling, dan penyediaan air bersih.

Secara fungsi, TPA Regional Banjarbakula mampu menampung 790 ton per hari timbulan sampah yang dihasilkan oleh 475 ribu jiwa di lima kabupaten/kota di kawasan Metropolitan Banjarbakula (Kota Banjarmasin-Kota Banjarbaru-Kabupaten Banjar-Kabupaten Barito Kuala-Kabupaten Tanah Laut).

Rincian sampah yang dihasilkan, yakni Kota Banjarmasin sebanyak 440 ton per hari, Kota Banjarbaru 200 ton per hari, Kabupaten Banjar 70 ton per hari, Kabupaten Barito Kuala 40 ton per hari, dan Kabupaten Tanah Laut 40 ton per hari.

Nantinya, TPA Regional Banjarbakula ini akan dikelola oleh Unit Pengelola Teknis Daerah (UPTD) setempat.

Menko Luhut: Persoalan Sampah Mudah Diatasi Jika Dikerjakan Bersama

Alat berat mengeruk sampah di TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/3). Memasuki usianya yang ke 30 tahun, TPST Bantar Gebang tinggal memiliki kapasitas 10 juta ton lagi. (merdeka.com/Arie Basuki)

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, menilai bahwa banyak permasalahan nasional yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Salah satunya yakni mengenai sampah.

"Masa otak bangsa kita yang hebat-hebat ini cuma ngurusin sampah aja tidak bisa? Bisa tidak kita? Ayo! sampah ini menurut saya super masalah yang harus kita selesaikan," kata Luhut saat dijumpai di Bantargebang, Kota Bekasi, Senin (25/3/2019).

Luhut mengatakan, apabila ini dilakukan secara serius maka bukan tidak mungkin persoalan ini bisa segera diatasi. Oleh karena itu, dirinya mengajak seluruh masyarakat hingga para pemangku kepentingan agar berperan aktif dalam persoalan sampah

"Jangan belum mulai apa-apa sudah bilang kurang ini kurang ini. Pasti ada kurangnya, kalau ini sudah kita mulai menggunakan spirit yang bagus, saya liat tidak ada masalah saya percaya ini bisa," jelasnya.

"Mari ayo kita kerjakan ini dan saya pikir kita tidak perlu banyak omong mengenai ini," tambahnya.

Sebelumnya, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faisal memperkirakan, volume sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi akan terus melonjak setiap per tahunnya. Ini terlihat dari total produksi sampah yang hasilkan DKI Jakarta saja mencapai 7-8 ribu ton per harinya.

"Di tempat ini tidak kurang dari 7.000 ton sampah diangkut dari Kota Jakarta, dan dilayani 1.200 truk sampah. Volume sampah diperkirakan akan terus meningkat 400 ton per tahun," katanya

"Artinya sudah saatnya kita sudah harus memikirkan bagaimana kita mengakhiri proses pengolahan sampah di Bantargebang ini," sambung dia

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realistis, KTM Tech3 Bidik 15 Besar di MotoGP Argentina

Posted: 25 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com,Buenos Aires- KTM Tech3 realistis menghadapi MotoGP Argentina yang berlangsung Minggu (31/3/2019). KTM Tech3 tahu mereka sulit untuk bersaing meraih podium atau bahkan 5 besar.

Untuk itu, KTM Tech3 hanya menargetkan dua pembalapnya Miguel Oliveira dan Hafizh Syahrin untuk finis di zona poin. Ini merujuk hasil di MotoGP Qatar dimana mereka gagal raih poin karena finis di posisi 17 dan 2.

Pada balapan di MotoGP Qatar, Oliveira sebenarnya sempat menikmati posisi ke-13. Ini berhasil dipertahankannya hingga pertengahan lomba sebelum akhirnya tercecer.

"Balapan pembuka di Qatar sangat menarik. Kita melihat balapan yang menarik dari Miguel, saya pikir dia banyak belajar," kata bos Tech3, Herve Poncharal seperti dikutip crash.

"Tentu di tujuh dan delapan lap terakhir sedikit sulit, tapi ini bagian dari proses belajar seorang rookie di MotoGP."

 

 

Memori Manis

Johann Zarco memulai petualangan baru dengan KTM di MotoGP (FRANCK FIFE / AFP)

MotoGP Argentina punya kenangan bagus bagi Johann Zarco dan juga Hafizh Syahrin. Namun cerita itu terjadi kala masih membela Yamaha.

"Balapan di Argentina 2018 lalu sangat menarik untuk kedua pembalap kami. Zarco pernah berjuan mengejar kemenangan hingga lap terakhir sebelum akhirnya finis di posisi kedua," ujar Poncharal.

"Hafizh juga membalap dengan bagus dan finis di posisi ke-9. Ini hasil yang bagus untuk seluruh tim Tech3."

Realistis

Poncharal mengaku realistis menghadapi balapan di Argentina. Target 15 besar jadi yang paling mungkin dikejar.

"Kita lihat balapan di Qatar begitu ketat dimana semua pembalap sangat berdekatan. Kami masih proses belajar dan tidak ada di posisi dimana kami bisa kejar lima besar," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lahirkan 69 Anak, Ini Ibu Paling Produktif di Dunia

Posted: 25 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi seorang ibu merupakan hal yang paling membahagiakan bagi wanita. Anak juga merupakan anugerah. Banyak anak, banyak rezeki. Sebagian orang di Indonesia masih percaya dengan hal itu. Tampaknya, prinsip semacam ini tak hanya berlaku di dalam negeri. Sebab, ada sejumlah orang yang punya banyak anak, hingga puluhan orang jumlahnya.

Memiliki anak tentu menjadi hal yang diinginkan banyak orang. Tak hanya sebagai anugerah, memiliki anak tentu membuat keluarga menjadi lebih harmonis dan berwarna. Namun bagaimana jika seorang wanita memiliki 69 anak?

Berdasarkan sejarah yang ada, pada abad ke-18, ada seorang wanita bernama Valentina Vassilyeva memegang rekor Guinness World karena melahirkan anak terbanyak, seperti yang Liputan6.com lansir dari Brightside, Selasa (26/3/2019).

Valentina adalah istri pertama dari seorang petani bernama Feodor Vassilyev dari Shuya, Rusia. Keluarga tersebut hidup di tahun 1707-1782. Valentina meninggal saat ia berusia 76 tahun, dan memiliki keturunan yang berjumlah 69 orang, dan 2 di antaranya meninggal saat masih bayi.

Menjadi Ibu Paling Produktif yang Pernah Ada

Ilustrasi Anak Terbanyak (sumber: brightside)

Menurut Rekor Guinnes World, Valentina diklaim sebagai "wanita paling produktif" yang pernah ada. Ia telah menjalani proses kelahiran sebanyak 27 kali, 16 di antaranya adalah anak kembar dua, 7 di antaranya kembar tiga, dan 4 di antaranya kembar empat.

Jika dihitung masa kesuburannya, diperkirakan Valentina bereproduksi sekitar tahun 1725-1765, di mana artinya selama 40 tahun itu ia telah melakukan 27 proses melahirkan.

Kalian pasti tahu bahwa rata-rata kehamilan membutuhkan waktu 40 minggu. Namun, semakin banyak anak yang dimiliki di dalam kandungan, maka besar kemungkinan persalinan akan datang lebih awal. Valentina memiliki kehamilan 37 minggu dengan anak kembar dua, kehamilan 32 minggu dengan anak kembar tiga, dan kehamilan 30 minggu dengan anak kembar empat.

Jika kamu menambahkan semuanya, maka jumlahnya akan menjadi 936 minggu. Jika 1 tahun terdiri dari 52 minggu, maka 936 minggu sama dengan 18 tahun. Jadi, Valentina harus menghabiskan 18 tahun hidupnya untuk mengandung. Sementara secara teori, Valentina punya cukup waktu untuk mengandung semua bayinya.

Fakta Menarik dari Kehamilan Valentina

- Pertama, kehamilan dan persalinan adalah hal yang menantang bagi tubuh wanita. Ketika kehamilan terjadi satu per satu kurang dari 18 bulan, risiko mengalami komplikasi akan meningkat baik untuk ibu dan bayinya.

Tubuh wanita tidak punya waktu untuk pulih dari semua perubahan yang terjadi saat kehamilan sebelumnya dan tidak dapat mengembalikan semua nutrisi yang hilang. Benar-benar tidak terbayangkan melahirkan 27 kali tanpa punya waktu untuk istirahat.

- Kedua, para ilmuwan ragu bahwa banyak anak serta ibu bisa bertahan, bahkan dengan kemajuan obat-obatan saat ini. Terlebih lagi di pedesaan Rusia pada abad ke-18. Kehamilan memiliki risiko yang besar, ditambah fakta bahwa mereka adalah petani dan harus bekerja serta merawat anak-anak di saat yang sama. Selain itu, bagaimana dengan makanan dan pakaian?

Sempat Dianggap Bukan Kisah Nyata

Para ilmuan saja merasa ragu, apalagi kita. Namun ternyata ada fakta sejarah yang mendukung kisah Valentina ini. Ada daftar yang dikirim oleh biara Nikolskiy ke Moskow pada 27 Februari 1782, yang membuktikan Feodor Vassilyev memiliki 82 anak yang masih hidup pada saat itu, dari 2 pernikahan. I

stri keduanya "menghadiahkan" kepadanya 18 anak: 12 kembar dan 6 anak kembar tiga. Data dari daftar ini diterbitkan pada tahun 1834 di Panorama Saint-Petersburg.

Pada 1783, The Gentleman's Magazine menerbitkan sebuah artikel yang menyertakan daftar mengenai kasus ini. Penulis daftar mengatakan bahwa "kesuburan yang luar biasa" dapat berasal dari "lelaki itu sendiri, atau perempuan itu, atau keduanya".

Dalam kasus ini mungkin bahwa alasannya adalah Feodor, sebagaimana hal itu diulangi dengan istri keduanya yang memilik 69 anak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekor Pertemuan Timnas Indonesia U-23 Vs Brunei Darussalam: Garuda Muda Sapu Bersih

Posted: 25 Mar 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Partai terakhir babak Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 Grup K antara Timnas Indonesia U-23 kontra Brunei Darussalam U-23 akan terasa hambar. Pasalnya, kedua negara tidak lagi berpeluang untuk lolos ke babak putaran final pada tahun depan di Thailand.

Pertandingan berstempel hiburan tersebut akan tersaji di My Dinh National Stadium, Hanoi, Selasa (26/3/2019).

Baik Timnas Indonesia U-23 dan Brunei Darussalam U-23 belum mendulang poin dari dua pertandingan di Kualifikasi Piala AFC U-23. Brunei Darussalam U-23 yang paling mengenaskan. Berada di posisi buncit Grup K, armada Darus Tanjong ini mengalami defisit 14 gol, terburuk kedua di babak kualifikasi setelah Sri Lanka (-18).

Timnas Indonesia U-23 pun mengalami kondisi serupa. Marinus Wanewar dan kawan-kawan hanya lebih baik mengenai defisit gol (-5) hasil dari kekalahan 0-4 dari Thailand U-23 dan 0-1 dari Vietnam U-23.

Menilik rekor pertemuan kedua negara, Timnas Indonesia U-23 meraih hasil sempurna atas Brunei Darussalam U-23. Dari dua pertandingan terakhir, skuat berjulukan Garuda Muda itu menyapu bersih dengan kemenangan.

Dinukil dari situs penyedia data statistik, Soccerway, kemenangan pertama Timnas Indonesia U-23 atas Brunei Darussalam U-23 terjadi pada 2015 lalu di Piala AFC U-23 2015. Garuda Muda berhasil mengemas poin tiga dengan skor 2-0.

 

Kans Pesta Gol

Pada Tsunami Cup, Desember 2017, Timnas Indonesia U-23 mengandaskan perlawanan Brunei Darussalam U-23 dengan skor 4-0. Skuat Garuda Muda waktu itu dipersiapkan untuk Asian Games 2018.

Timnas Indonesia U-23 berpeluang pesta gol ke gawang Brunei Darussalam U-23 pada pertemuan ketiganya. Pasalnya, Brunei Darussalam U-23 selalu menjadi bulan-bulanan Vietnam U-23 (0-6) dan Thailand U-23 (0-8) pada dua pertandingan sebelumnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS: China Sengaja Menghambat Akses ke Tibet Secara Sistematis

Posted: 25 Mar 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan dalam sebuah laporan, bahwa China "secara sistematis" menghambat akses dunia internasional ke Tibet, dengan membatasi dan bahkan melarang para diplomat, jurnalis, dan warga negara biasa datang berkunjung.

Kementerian Luar Negeri AS mendokumentasikan masalah akses ke wilayah Himalaya itu dalam sebuah laporan untuk Kongres, yang merupakan bagian dari amanat rancangan Akses Timbal-Balik ke Undang-Undang Tibet.

Dikutip dari Channel News Asia pada Selasa (26/3/2029), rencangan undang-undang tersebut disahkan dengan dukungan kedua kubu politik AS pada Desember lalu.

Undang-undang itu mengharuskan Amerika Serikat pada akhir tahun ini, menolak visa pejabat China yang bertanggungjawab atas implementasi hambatan sistematis terhadap akses menuju Tibet.

"Pemerintah China secara sistematis menghambat akses menuju Daerah Otonomi Tibet (TAR), dan juga daerah Tibet di luar TAR, yang berlaku bagi diplomat dan pejabat AS, wartawan dan turis sejak 2018," kata laporan itu kepada Kongres.

Bahkan kunjungan para diplomat AS "sangat dibatasi" di China, katanya.

"Orang-orang yang ditunjuk pemerintah China mengikuti diplomat dan pejabat AS setiap saat, mencegah mereka bertemu atau berbicara dengan kontak lokal, menginterogasi mereka dan membatasi gerak mereka di daerah-daerah ini," katanya.

Tibet adalah satu-satunya wilayah di China yang mengharuskan para diplomat dan jurnalis memiliki akses khusus untuk datang berkunjung.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Bertujuan Mengakhiri Isolasi Tibet

Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing  (AP Photo/Andrew Harnik)

Kemlu AS mengatakan bahwa China tahun lalu menolak lima dari sembilan permintaan Washington untuk mengunjungi Tibet, termasuk salah satunya oleh Duta Besar Terry Branstad.

Mengutip Klub Koresponden Asing China, Kemlu AS juga menyebut tujuh jurnalis internasional yang mengajukan izin berkunjung ke Tibet pada tahun lalu, mengalami penolakan setelah melalui proses pendaftaran yang sangat menyita waktu.

Laporan itu juga menyebut bahwa China menolak akses turis ke Tibet selama waktu yang dianggapi sensitif secara politik.

Selain itu, warga negara AS keturunan Tibet yang datang berkunjung juga disebut harus menonton pemutaran film khusus oleh otoritas China, yang menurut Washington, berisi propaganda.

Matteo Mecacci, presiden Kampanye Internasional untuk Tibet, yang mendukung pengesahan RUU terkait, menyambut baik laporan Kemlu AS sebagai tanda bahwa Washington "serius membahas akses timbal balik ke Tibet".

"Saya pikir itu menunjukkan bahwa hubungan timbal balik dengan China adalah prinsip yang penting, tidak hanya untuk masalah perdagangan atau ekonomi, tetapi juga untuk akses ke Tibet," kata Mecacci, mantan anggota parlemen Italia.

"Tujuan RUU itu bukan untuk menghalangi pejabat China datang ke AS, namun ini bertujuan mengakhiri isolasi Tibet," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makna di Balik Slogan Kampanye Jokowi 'Putih adalah Kita'

Posted: 25 Mar 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto menjelaskan soal simbolisasi putih yang dikampanyekan paslon 01 selama kampanye terbuka ini. Dia menyebut simbol itu untuk menegaskan komitmen mengedepankan politik kebenaran.

Warna putih itu juga menggambarkan seragam di surat suara Pilpres 2019 yang kontras dengan pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang memakai jas hitam.

"Putih adalah cermin kebersihan nurani yang menyebabkan alam pikir berkreasi dan berdaya cipta dengan segala sesuatu hal yang baik. Sebaliknya, hitam adalah simbol politik hoaks, politik fitnah, yang selama ini selalu menyerang Jokowi-KH Ma'ruf Amin," ujar Hasto di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Sekretaris Jenderal PDIP itu melanjutkan, warna putih merupakan antitesa politik hoaks dan fitnah yang disebut kampanye hitam. Maka itu, capres petahana Joko Widodo atau Jokowi selalu menyampaikan pesan "Putih adalah Kita" dalam kampanye terbuka ini.

"Putih adalah Kita, kini semakin bergaung nyaring sebagai kekuatan moral melawan politik hitam. Kami akan berjuang dengan sepenuh hati melalui kekuatan moral politik putih ini," kata Hasto.

 

Serukan Kemeja Putih

Maka itu pula, Hasto menyerukan Regu Penggerak Pemilih, saksi, sampai simpatisan dan pendukung untuk bergerak dengan seragam putih khas Jokowi dan ulama KH Ma'ruf Amin.

"Putih tidak bisa dipakai oleh orang yang berkelakuan hitam. Apa itu kelakuan hitam? Fitnah, bicara tanpa budi pekerti, hoax dan berbagai bentuk racun peradaban yang anti kemanusiaan," kata dia.

TKN, kata Hasto, makin yakin dengan jalur yang ditempuh. Dia menyebut tidak heran survei mengunggulkan Jokowi-Ma'ruf kendati selalu diserang fitnah.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Dibuka Menguat, Namun Potensi Pelemahan Masih Terbuka

Posted: 25 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Selasa ini. Rupiah pada hari ini diperkirakan akan bergerak di kisaran antara 14.156 per dolar AS sampai 14.220 per dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (26/3/2019), rupiah dibuka di angka 14.177 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.185 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang ini, rupiah bergerak di kisaran 14.163 per dolar AS hingga 14.177 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 1,51 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jidsor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.171 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.223 per dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi mengatakan, pada pernyataan terakhir bank sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) memang tidak menyatakan secara implisit jika ekonomi AS terancam resesi.

"Namun para ahli dan analis menakarnya dari ucapan Jerome Powell jika tahun ini The Fed tidak menaikkan suku bunga acuan, bahkan akhir tahun ada kemungkinan menggelontorkan stimulus atau menurunkan suku bunganya," ujar Ibrahim dikutip dari Antara.

Selain itu, lanjutnya, tren penurunan harga minyak memberikan harapan tekanan yang dihadapi oleh neraca transaksi berjalan akan membaik.

"Dengan fondasi devisa dari ekspor-impor barang dan jasa yang lebih tinggi, maka rupiah punya pijakan untuk lebih stabil bahkan menguat," kata Ibrahim.

Kendati demikian, Ibrahim memperkirakan rupiah pada hari ini akan bergerak melemah menuju kisaran antara 14.156 per dolar AS sampai 14.220 per dolar AS.

BI Perkirakan Nilai Tukar Rupiah Lebih 'Jinak' di 2019

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Bank Indonesia memperkirakan volatilitas nilai tukar rupiahterhadap dolar AS pada 2019 tak setinggi 2018. Ini lebih dikarenakan sentimen utama, yaitu The Fed mulai melunak.

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah menjelaskan, pasalnya, pada Rabu (20/3) malam waktu setempat, The Fed mempertahankan suku bunga acuan pada 2,25 - 2,5 persen atau median 2,375 persen.

Penetapan suku bunga itu menguatkan ekspetasi pelaku pasar untuk kebijakan yang lebih melunak (dovish). The Fed juga mengubah sinyalemen untuk arah kebijakan suku bunga dalam jangka menengah, yang menyiratkan jumlah kenaikan suku bunga acuan yang lebih rendah dalam dua tahun ke depan. 

"Seperti hasil FOMC di tanggal 21 Maret, memberi sinyal semakin jelas bahwa mereka tidak akan menaikkan suku bunga, setidaknya untuk tahun 2019 ini. Artinya, satu faktor global itu sudah jelas akan memberikan dukungan terhadap stabilitas rupiah," ujar Nanang di Yogyakarta, Minggu (24/3/2019).

Meski demikian, Nanang menegaskan, Bank Indonesia tidak akan mengendorkan antisipasinya terhadap berbagai potensi gejolak ekonomi global yang mempengaruhi pergerakan rupiah.

Bank Indonesia, saat ini masih mewaspadai dinamika ekonomi global yang bisa memberikan efek rambatan terhadap negara berkembang seperti dari perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara maju, yakni Amerika Serikat, China, Jerman, dan Prancis.

"Memang ada faktor lain yang muncul yaitu situasi ekonomi global yang belakangan semakin melemah atau merosot. Tapi berdasarkan beberapa referensi itu akan bangkit di akhir tahun 2019," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fakta Rian Subroto, Sosok Pengusaha yang Sewa Vanessa Angel

Posted: 25 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus prostitusi online yang menyeret nama artis Vanessa Angel kembali digelar. Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Surabaya, pada Senin (25/3/2019), mendatangkan terdakwa Endang Suhartini (ES) dan Tentri Novanta (TN). Mereka adalah mucikari dari Vanessa Angle dan juga Avriellya Shaqilla.

Dalam sidang tersebut, jaksa membeberkan bagaimana kronologi kasus. Selain itu, terungkap pula siapa sosok pria hidung belang yang menyewa Vanessa Angel. Dalam sidang yang dipimpin oleh ketua Majelis Hakim Anne Rusiana ini terungkap bahwa sosok pengusaha yang menyewa Vannesa ialah Rian Subroto.

Nama Rian Subroto ini muncul saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) membacakan surat dakwaan dalam sidang terbuka. Kedua mucikari tersebut pun mendapatkan tuntutan jaksa pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 2 ayat 1 UU RI No.19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi elektronik Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Munculnya nama Rian Subroto ini tentu membuat publik penasaran akan sosoknya. Siapa sebenarnya sosok pengusaha yang disebutkan oleh jaksa penuntut umum ini? Liputan6.com pun telah merangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2019) mengenai fakta dari Rian Subroto, pengusaha yang menyewa Vanessa Angel.

Berikut ini fakta sosok Rian Subroto, pengusaha yang menyewa Vanessa Angel.

Fakta Rian Subroto

1. Masih lajang

Pengusaha yang dikabarkan menyewa Vannesa Angel dan juga Avriellya Shaqilla ternyata masih lajang. Hal ini disampaikan oleh Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur Akbp Harissandi. Karena sebelumnya beredar kabar jika sosok yang menyewa Vanessa berstatus suami orang.

2. Berusia 45 tahun

Sosok Rian Subroto sendiri saat ini telah memasuki usia 45 tahun. Selain itu, Rian juga ternyata warga asli Lumajang, Jawa Timur yang telah menetap dan memiliki KTP Jakarta Pusat. Informasi ini juga diungkapkan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

Sosok pengusaha yang sewa Vanessa Angel

3. Minta teman kencang

Dalam kronologi yang diungkapkan oleh JPU, kasus yang menyeret Vannesa ini berawal dari pertemuan Rian Subroto dan seorang mucikari bernama Dhani. Dhani sendiri masih dalam buronan pihak kepolisian. Saat pertemuan terjadi, Dhani memberikan penawaran kepada Rian untuk dicarikan teman kencan artis ataupun model. Tawaran Dhani ini pun langsung disambut oleh Rian.

4. Fans dari Vannesa Angel

Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan, ternyata Rian Subroto memiliki alasan khusus untuk memilih Vannesa sebagai teman kencannya. Hal ini dikarenakan Rian sendiri merupakan fans berat dari Vanessa Angel. Oleh karena itu, ia pun menyetujui untuk membayar tarif yang telah disepakati sebelumnya, yaitu Rp 80 juta.

5. Pengusaha Tambang

Rian Subroto meruapakan seorang pengusaha tambang pasir. Bukan hanya itu saja, ia juga memiliki beberapa usaha lainnya. Salah satunya ialah perusahaan yang bergerak di bidang jasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jaksa Hadirkan 6 Saksi di Sidang Ratna Sarumpaet

Posted: 25 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jaksa Penuntut Umum (JPU) mempersiapkan saksi dalam sidang lanjutan kasus berita hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (26/3).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bibi Ardiansyah Akui Artis VA Berhubungan Badan

Posted: 25 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan terhadap artis VA terus mengalir dari Bibi Ardiansyah. Meski saat ini berstatus mantan pacar, namun Bibi Ardiansyah tak pernah berhenti membela artis VA.

Lewat fitur Instagram Story-nya, Bibi Ardiansyah menyebut soal kabar hubungan badan artis VA dengan pria yang disebut-sebut sebagai orang yang menyewa jasanya di Surabaya.

"Mumpung lagi ramai yang pantau story, saya mau kasih fakta aja, bahwa benar di sini ada hubungan badan, tapi tidak ada hubungan sex saat itu terjadi, sebelum, atau sesudahnya. Tanya aja pak Polda Jatimnya... Gitu," tulis Bibi, Senin (25/3/2019). 

Seperti yang diketahui, kata hubungan badan memiliki arti sebagai hubungan seksual. Namun, ia menjelaskan hubungan yang badan yang dimaksud adalah ternyata kontak fisik.

 

15 Bukti Transaksi

Insta Stories Bibi Ardiansyah (Instagram)

"Oh, misalnya gue lagi salaman tangan sama dirimu bu, terus keciduk.... Itu tetap kok namanya sedang hubungan badan. Tapi kolor gue dan kondom ke mana ya beritanya ilang? Hoax juga kah? Hehe Hehe," tulis Bibi Ardiansyah memberi penjelasan.

Bibi Ardiansyah juga membahas soal 15 bukti transaksi antara artis VA dan mucikarinya. Di sini sang kekasih memberikan statement  transaksi yang dimaksud bukan untuk prostitusi.

 

Klarifikasi

Artis VA (Foto: Dian Kurniawan)

"Klarifikasi lagi, 15 kali transaksi itu ada kali duit nitip beli pulsa, beli tas, patungan liburan, dan bahkan beberapa kali uang buat beli rokok di Indomaret. Tanya aja Pak Polda Jatimnya," jelas Bibi Ardiansyah.

Dalam sebuah pemberitaan, dituliskan kalau artis VA juga menjual mobil merk Porsche. Menurut Bibi Ardiansyah, mantan kekasihnya yang sedang ditahan itu tidak punya mobil mewah seperti itu. 

"Klarifikasi lagi, mana ada Panesa Enjel mobil Porsche... Hehehehe," tulisnya.(Kapanlagi.com/ Ayu Srikhandi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bambang Soesatyo: DPR RI Sangat Kecewa Terhadap Uni Eropa Terkait Diskriminasi Kelapa Sawit

Posted: 25 Mar 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo sangat kecewa atas sikap Uni Eropa dalam mengadopsi Renewable Energy Directive II (RED II) dan aturan turunannya yang mendiskriminasi kelapa sawit sebagai minyak nabati. Tindakan tersebut tidak mencerminkan selayaknya mitra stategis yang membangun hubungan baik dan saling menguntungkan.

"Uni Eropa merupakan salah satu mitra strategis Indonesia. Namun sayangnya proses adopsi legislasi RED II dan aturan turunannya didasarkan pada analisis ilmiah yang cacat, mengabaikan kritik yang datang dari internal Uni Eropa dan lembaga independen. Serta mengabaikan concern dan data-data yang disampaikan oleh negara-negara produsen kelapa sawit," tegas Bamsoet di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/03/19).

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia ini menilai Uni Eropa secara jelas telah mengabaikan upaya pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan pengentasan kemiskinan di negara produsen minyak kelapa sawit. Concern Uni Eropa terhadap kelapa sawit bukan untuk pelestarian lingkungan, melainkan sebagai upaya proteksi terselubung melindungi produk minyak nabati mereka yang daya saing dan produktivitasnya jauh lebih rendah daripada minyak kelapa sawit.

"Kelapa sawit merupakan komoditas unggulan Indonesia karena berkontribusi pada penyerapan lebih dari 19,5 juta tenaga kerja, termasuk di dalamnya 2,6 juta smallholders yang mempekerjakan 4,3 juta individual, penghasil devisa negara mencapai USD 21,4 miliar pada tahun 2018, sumber energi terbarukan (biodiesel) serta bagian dari upaya pengentasan kemiskinan yang menjadi prioritas utama dari Sustainable Development Goals (SDGs)," papar Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menjelaskan, Indonesia berkomitmen tinggi terhadap pelestarian lingkungan yang berjalan seimbang dengan pembangunan sosial dan ekonomi. DPR RI juga mendukung berbagai langkah yang telah dilakukan pemerintah Indonesia dalam pengelolaan kelapa sawit berkelanjutan. Diantaranya melalui restorasi lahan gambut, peremajaan sawit rakyat, penundaan dan evaluasi perizinan perkebunan kelapa sawit, penyelesaian penguasaan lahan dalam kawasan hutan serta pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"DPR RI juga mendukung pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah-langkah tegas, termasuk mengajukan RED II dan Delegated Regulation ke World Trade Organization (WTO) dan langkah lain yang diperlukan," tandas Bamsoet.

Berkaitan dengan isu sawit, Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menerangkan, DPR RI melalui Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) telah melakukan peran diplomasi dengan mengadakan serangkaian pertemuan dengan parlemen Uni Eropa. Sehingga bisa mencari penyelesaian yang terbaik bagi kedua belah pihak.

"DPR RI juga mendesak Parlemen Eropa bisa secara komprehensif melihat dimensi keberlanjutan sebagaimana tertuang dalam Sustainable Development Goals 2030 dan tetap bijak serta adil dalam mengambil kebijakan yang akan berdampak pada hubungan baik kedua negara," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPR: TPP Desa Harus Mampu Percepat Pembangunan Desa

Posted: 25 Mar 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi dua orang Tenaga Pendamping Profesional Desa (TPP Desa) terbaik dari Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur, Maria Odilia Besin dan Charles Mau. Kehadiran mereka beserta ratusan ribu TPP Desa di berbagai daerah lainnya telah membantu mempercepat program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.

"Bersama ratusan ribu TPP Desa lainnya yang tersebar di berbagai daerah, Maria Odilia Besin dan Charles Mau, telah meningkatkan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan nasional. Khususnya dalam mengawal dana desa yang mencapai satu miliar rupiah, agar bisa dimanfaatkan sebesarnya untuk kemakmuran masyarakat desa setempat," ujar Bamsoet saat menerima Maria Odilia Besin dan Charles Mau, didampingi Ketua Komisi V DPR RI Farry Djemi Francis, di ruang kerja Ketua DPR RI, di Jakarta, Senin (25/03/19).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa telah meneguhkan desa dalam sistem pemerintahan Indonesia. Kesempatan masyarakat desa juga lebih besar dalam menunjang pembangunan nasional. Setiap desa mendapatkan alokasi dana desa mencapai satu miliar rupiah, disesuaikan dengan kebutuhan dan tipologi desa. Besarnya anggaran tersebut tentu harus dikelola dengan baik, agar tidak menimbulkan masalah hukum di kemudian hari. Disitulah pentingnya peran TPP Desa.

"TPP Desa harus jeli melihat peluang yang ada di desa. Karena pemanfaatan dana desa bukan hanya untuk pembangunan jalan desa saja, melainkan juga bisa dimanfaatkan untuk memaksimalkan berbagai potensi yang ada di desa melalui pembuatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Sehingga target 1 desa 1 BUMDES bisa tercapai secepat mungkin. Tidak hanya dari segi kuantitas, namun juga dari segi kualitas," tutur Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini memaparkan, dari sekitar 72.944 desa, baru 40 ribuan yang memiliki BUMDES. Padahal melalui BUMDES, berbagai potensi yang dimiliki desa, seperti dalam bidang pariwisata, bisa lebih dimaksimalkan.

"Indonesia dikarunia bentang alam yang indah. Potensi ekonomi di bidang pariwisata sangat besar dalam menunjang pembangunan. Multiplier effectnya juga sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jika jeli melihat peluang ini, desa bisa mendapatkan pemasukan yang signifikan," jelas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengingatkan para TPP Desa agar kehadiran mereka bisa menjadi solusi dalam pengelolaan dana desa. Jangan justru menjadi masalah baru lantaran ketidakterampilan dalam menghadapi berbagai masalah di lapangan.

"Agar pembangunan bisa dijalankan tanpa menimbulkan polemik, kuncinya adalah adanya komunikasi yang intensif. Karena itu, TPP Desa juga harus bisa menjadi jembatan komunikasi antara aparat desa dengan masyarakat desa," papar Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini juga berpesan agar para TPP Desa menjadikan kegiatan mereka ini sebagai pengalaman yang berharga. Khususnya untuk menapaki jenjang karir di kemudian hari.

"Tidak semua anak bangsa bisa mengabdikan dirinya secara langsung kepada bangsa dan negara dalam proses pembangunan. Para TPP Desa harus bersyukur telah diberi kesempatan. Jadikan bentuk syukur tersebut dengan menunjukan kinerja yang maksimal di lapangan," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Myanmar vs Indonesia, Racikan Apik Simon McMenemy Sukses Hantam Tuan Rumah

Posted: 25 Mar 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Simon McMenemy mengukir debut yang manis bersama Timnas Indonesia. Dia sukses mengantarkan Indonesia menang 2-0 pada laga uji coba di Mandalar Tiri Stadium, Mandalay, Senin (25/3/2019). Timnas Indonesia membuka keunggulan lewat gol yang dicetak oleh Greg Nwokolo pada menit ke-41.

Berawal dari umpan terobosan Riko Simanjuntak kepada Stefano Lilipaly, bola kemudian dikembalikan ke belakang oleh Stefano menggunakan tumitnya yang diterima oleh Greg. Dengan sedikit kecohan di depan kiper Myanmar, Greg menceploskan bola ke dalam gawang.

Myanmar hampir saja menyamakan kedudukan pada akhir babak pertama setelah mendapatkan hadiah penalti usai pelanggaran yang dilakukan Manahati Lestusen. Namun, Andritany Ardhiyasa dengan cemerlang mampu menebak arah bola dan menghalaunya dengan baik.

Keunggulan Tim Garuda baru bisa digandakan pada menit ke-85 lewat eksekusi penalti Ilija Spasojevic. Timnas Indonesia mendapatkan penalti setelah Novri Setiawan dilanggar di kotak penalti. Berikut Liputan6.com rangkum suksesor kemenangan Timnas Indonesia vs Myanmar, Selasa (26/3/2019).

Formasi Baru ala Simon McMenemy

Pemain Timnas Indonesia, Riko Simanjuntak, tertawa saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Senin (21/3). Latihan ini persiapan jelang laga persahabatan melawan Myanmar. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Kemenangan ini menjadi awal yang baik bagi era baru Timnas Indonesia yang kini ditangani oleh Simon McMenemy. Menggunakan formasi 3-4-3 dalam pertandingan resmi pertamanya setelah menangani Tim Garuda, pelatih asal Skotlandia itu menikmati keberhasilan timnya.

Formasi 3-4-3 ini bukanlah baru pertama kali diterapkan, namun sejak Timnas diambil alih Simon dan melakukan uji coba. Melalui formasi 3-4-3 ini Simon dan Timnas telah berhasil meraih kemenangan saat bersua dua tim asal Australia yaitu Perth Glory (3-1) dan Australia All Star State League (5-1). Sementara hasil imbang 1-1 didapat kala bersua Bali United.

"Formasi 3-4-3 itu lebih fleksibel. Ketika harus bertahan, kami akan memiliki lima pemain yang bertahan. Ketika kami menyerang, tentu kami juga memiliki lebih banyak pemain untuk melakukannya. Bagi seorang pemain tengah, tidak akan sulit untuk beradaptasi dengan formasi ini karena mereka sudah terbiasa," ujar Simon dilansir dari Bola.com.

Mantan pelatih Bhayangkara FC ini menambahkan, ia ingin memberikan nuansa baru dalam permainan timnas senior. McMenemy sudah menyampaikan hal itu kepada pemain, dan mendapatkan respons positif. Mantan pelatih Bhayangkara FC saat mengecap juara Liga 1 2017 itu merasa yakin formasi ini tak akan menyulitkan pemainnya.

Indonesia bisa lebih baik lagi

Pemain Timnas Indonesia, Greg Nwokolo, menyundul bola saat latihan di Stadion Madya, Jakarta, Senin (21/3). Latihan ini persiapan jelang laga persahabatan melawan Myanmar. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Bicara soal kelebihan yang diperlihatkan oleh Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy, kemenangan 2-0 bukan satu-satunya hal positif yang dimiliki oleh Tim Garuda. Secara permainan, tim yang menggabungkan pemain-pemain senior dan muda yang terpadu baik di dalam lapangan, memperlihatkan permainan yang bagus dan Indonesia bisa berkembang lebih baik lagi.

Bahkan yang menarik adalah para pemain mampu beradaptasi dengan baik jika melihat formasi 3-4-3 yang digunakan oleh Simon McMenemy. Hansamu Yama, Manahati Lestusen, dan Yanto Basna berada di lini pertahanan yang dibantu oleh Yustinus Pae dan Ruben Sanadi yang berada di masing-masing sisi sayap lini tengah. Evan Dimas dan Rizky Pellu menjadi gelandang yang berkonsentrasi di lini tengah.

Sementara itu, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly, dan Riko Simanjuntak, menjadi motor serangan yang sangat bagus bagi Tim Merah-Putih. Skema terjadinya gol pertama pun memperlihatkan betapa permainan menyerang yang diperlihatkan oleh Tim Garuda sangat baik dengan sejumlah variasi serangan.

Di sisi lain, skema pertahanan dengan tiga pemain di satu garis lurus, Yanto Basna, Manahati Lestusen, dan Hansamu Yama, ternyata begitu rapat. Dengan bantuan Yustinus Pae dan Ruben Sanadi yang ikut turun membantu mengawal sisi sayap pertahananan tim, pertahananan Tim Garuda begitu rapat untuk ditembus lawan.

Bicara mengenai kekurangan Timnas Indonesia di pertandingan pertama 2019, tentu tidak banyak yang bisa dibahas. Satu hal yang paling terlihat adalah begitu banyak peluang yang terbuang dalam pertandingan kontra Myanmar tersebut. Namun, dalam pertandingan ini bisa dibilang sudah lebih baik daripada sebelumnya, tinggal kembali meningkatkan dan kosistensi permainan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Tak Ingin Keputusan Tarif MRT Berlatar Belakang Pemilu

Posted: 25 Mar 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan tarif moda raya terpadu (MRT) masih terus dilakuan pembahasan hingga diterbitkannya Keputusan Gubernur atau Kepgub. Dia menyebut Kepgub soal tarif tersebut saat ini masih proses pembahasan.

"Kemarin memang dewan sudah bersidang dan kita terus membahasnya sampai nanti ditetapkan lewat Kepgub," kata Anies di kantor Wali Kota Jakarta Barat, Selasa (26/3/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut menyatakan, keputusan saat ini nantinya akan menjadi acuan dalam penentuan perubahan tarif di beberapa tahun yang akan datang. Sehingga dia menginginkan penentuan tarif MRT jangan semata untuk kepuasan jelang Pemilu 2019, tetapi untuk jangka panjang.

"Itu sebabnya putusan sekarang itu keputusan strategis jangka panjang. Kebetulan diselenggarakannya tiga minggu sebelum Pemilu (17 April 2019) tapi jangan pengambilan keputusannya karena mau Pemilu," ucapnya.

Anies menyebut penetapan hingga jangka panjang itu dapat terlihat dari keputusan tarif bus Transjakarta yang tidak berubah sejak 2004, yakni Rp 3.500.

Karena hal itu, dia berencana membahasa kembali penetapan tarif bersama DPRD DKI Jakarta. Anies berharap nantinya masyarakat dapat membandingkan besaran tarif MRT yang dikelaurkan setiap menggunakan moda transportasi publik dengan yang lain.

"Kemarin biaya ojek sudah ditetapkan ya? Rp 2000? Bayangkn naik ojek dari Bunderan HI sampai Lebak Bulus itu Rp 30 ribu lebih sekarang. Kita ingin lebih murah supaya orang mau naik kendaraan umum," jelasnya.

 

Keputusan DPRD DKI

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta telah menyepakati tarif dari kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta sebesar Rp 8.500 sedangkan LRT Jakarta Rp 5 ribu.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengatakan tarif yang ditetapkan pun rata-rata dari rute yang ada, yakni MRT Jakarta rute Lebak Bulus-Bundaran HI dan LRT Jakarta rute Kelapa Gading-Velodrome.

"Ini saya langsung mengambil satu keputusan kita ambil jalan tengah yaitu nominal Rp 8.500. LRT Rp 5.000, setuju?" tanya kata Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (25/3/2019).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keliling Jateng, Ma'ruf Amin Berharap Suara NU Aman

Posted: 25 Mar 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin hari ini berkampanye ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Dalam kunjungannya ke dua provinsi itu, Ma'ruf akan bertemu sejumlah komunitas dan warga kalangan Nahdlatul Ulama.

"Hari ini kita ke Purworejo, ada dua tempat sampai nanti malam kita menginap di Magelang. Besok baru perjalanan ke Wonosobo ada acara haul dan harlah kemudian ke Temanggung. Di Temanggung ada pertemuan ada deklarasi juga, dari Temanggung besok malamnya di ke Jogja,  nginap di Jogja,  paginya ada acara di Jogja sampai malam juga," ujar Ma'ruf saat baru mendarat di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, Selasa (26/3/2019).

Dia menuturkan, masih banyak yang belum dikunjungi seperti Komunitas NU di Karesidenan Kedu, Magelang, serta Banyumas. 

"Kita juga mampir di berbagai komunitas. Penguatan-penguatan semua itu supaya tidak masuk angin. Ya kan sebelah sana (Prabowo-Sandi) juga kan enggak diem. Mereka gempur Jateng gempur Jatim," ungkap Ma'ruf.

Namun, dia merasa yakin, dengan sisa waktu kampanye ini dan kehadirannya, suara di Jateng tidak akan bergeser. Apalagi sudah terpotret di berbagai survei.

"Kadang-kadang ada pengaruhnya. Sedikit goyah sedikit-sedikit, kita naikkan lagi. Kalau sekarang sih saya kira sudah tinggal 20 hari pengaruhnya hampir tidak terlalu besar," kata Ma'ruf Amin.

Sebelumnya Ma'ruf Amin, dalam kampanyenya di Banten mengajak ribuan masyarakat mengingat jargon putih adalah kita pada hari pencoblosan, 17 April 2019.

"Jangan lupa yang berbaju putih. Karena putih adalah kita," ucap Ma'ruf di sebuah aula di Jalan Raya Rangkasbitung-Pandeglang Km 04 Warunggunung, Lebak, Banten, Senin, 25 Maret 2019.

 

Tak Terpengaruh Hoaks

Dia juga meminta masyarakat, agar tidak gampang dipengaruhi untuk tak datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April mendatang.

"Jangan mau dipengaruhi supaya tak datang ke TPS. Kalau ditakut-takuti, diintimidasi, jangan takut. Karena kita harus gunakan hak kita. Datang ke TPS, jangan mau dihalangi, jangan takut bila ditakuti, untuk memilih nomor 01 yang memakai baju putih," ungkap [Ma'ruf Amin]( 3924599 "").

Sementara itu, di tempat yang sama, salah satu tokoh masyarakat, yang juga Dewan Penasehat Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Daerah Lebak, Mulyadi Jayabaya, memasang target suara paslon 01 di daerahnya sebesar 70 persen.

Dia menuturkan, berdasarkan survei internal, suara Jokowi-Ma'ruf di daerahnya sudah mencapai 54 persen. Sehingga tinggal ditingkatkan lagi.

"Insya Allah, survei terakhir Lebak sudah 54 persen untuk Jokowi-Ma'ruf Amin. Target kami 70 persen. Masih ada waktu 22 hari, Insya Allah tercapai," kata Mulyadi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: DPR RI Segera Bahas Revisi UU Pendidikan Kedokteran

Posted: 25 Mar 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mendukung revisi Undang-Undang No. 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran bisa diselesaikan sebelum DPR RI periode 2014-2019 berakhir pada Oktober 2019. Pembahasan akan dilakukan di Badan Legislasi DPR RI, agar bisa lebih mendalam dan komprehensif.

"Masalah kedokteran tidak hanya berada di sistem pendidikannya saja, melainkan juga bermuara kepada pelayanan. Harus ada link and match antara pendidikan dan pelayanan, sehingga bisa melahirkan para tenaga medis yang terampil, sesuai dengan kaidah profesi kedokteran dunia," ujar Bamsoet saat menerima Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) di ruang kerja Ketua DPR RI, Jakarta, Senin (25/03/19).

Pengurus Besar IDI yang hadir antara lain, Dr. Daeng M Faqih (Ketua Umum), Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis, Sp.OG (Ketua Purna), Dr. Mahmud Ghaznawie, Ph.D, Sp.PA (Dewan Pakar), Dr. M. Nasser, Sp.KK,LLM, D.Law (Dewan Pakar), Dr. Mariya Mubarika (Ketua Bidang Advokasi Lembaga Legislatif), Dr. Farabi El Fouz, Sp.A, M.Kes (Sekretaris Bidang Advokasi Lembaga Legislatif) dan Dr. Muhammad Akbar (Ketua Bidang Pendidikan, Riset, dan Alih Teknologi Kedokteran).

Dalam pertemuan tersebut, pengurus IDI menyampaikan kegelisahan mereka terkait kemelut di dunia kedokteran. Keberadaan UU No. 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran yang dimaksudkan meningkatkan standar mutu kedokteran, justru menimbulkan berbagai disharmoni. Ada ketidakharmonisan antara sistem pendidikan dengan ujian kompetensi. Akibatnya, banyak mahasiswa kedokteran tidak lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang merupakan syarat memperoleh sertifikat kompetensi dan profesi, sebagai pengganti ijazah kedokteran.

Keberadaan UKMPPD yang memberikan kewenangan kepada kampus menentukan kelayakan seseorang menjadi dokter, dinilai IDI tidak sejalan dengan ketentuan Kedokteran Dunia yang mengacu pada World Federation for Medical Education. Karena berdasarkan aturan lembaga tersebut, kampus hanya berwenang di pendidikan dasar medis. Sementera profesi dipegang kolegium. Selain itu, IDI menilai adanya Dokter Layanan Primer (DLP) bisa mengancam posisi 50.000 lebih dokter umum yang sudah mengabdikan dirinya di berbagai daerah.

Menyikapi hal tersebut, legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini mengajak IDI menjadi mitra kerja aktif DPR RI dan pemerintah, sehingga bisa memberikan masukan yang menyeluruh terhadap revisi UU Pendidikan Kedokteran. Jangan sampai hasil revisi menjadi mentah kembali lantaran tidak sesuai dengan aspirasi para tenaga medis.

"Pembahasan sebuah undang-undang harus dilakukan secara bottom up, menyesuaikan kebutuhan masyarakat, sehingga bisa menjawab permasalahan yang ada di lapangan. Kita tidak ingin kelahiran undang-undang justru melahirkan masalah baru yang berkepanjangan. Untuk itu, partisipasi masyarakat yang berkepentingan sangat dibutuhkan. Berbagai masukan secara terang dan jelas sangat dibutuhkan, sehingga DPR RI dan pemerintah sebagai pembuat undang-undang bisa memahami apa kemauan para tenaga medis," terang Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menilai jumlah dokter yang mencapai 172.000 merupakan aset berharga yang perlu terus ditambah jumlahnya, sehingga bisa memaksimalkan peningkatan kesehatan masyarakat. Sebagai profesi yang mempunyai kekhususan (lex specialis), dokter juga harus dilindungi profesinya.

"Saat menjadi Ketua Komisi III DPR RI yang membidangi Hukum, Hak Asasi Manusia, dan Keamanan, dalam pembahasan RUU KUHP, kita sudah bahas bersama Komisi Kepolisian Nasional dan berbagai pihak lainnya tentang pidana medik yang tidak bisa dimasukan dalam pidana umum. Hal ini bukan untuk melindungi tenaga medis dari jeratan hukum, melainkan untuk memastikan tegaknya keadilan atas asas hukum lex specialis derogat lex generalis," urai Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, ketentuan tersebut merupakan implementasi dari UU No 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran, UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dan UU No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Dengan demikian jika ada sebuah kasus terjadi kepada tenaga medis, penyelesaiannya dilakukan terlebih dahulu di Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia.

"Karena profesi dokter dan tenaga kesehatan punya kekhasan, sistem pendidikan dan pelayanannya juga perlu perhatian serius. DPR RI akan menjadikan masukan IDI sebagai bahan yang sangat penting, Kita akan bedah kembali pasal per pasal yang ada di UU No. 20 Tahun 2013. Jika memang tidak sesuai dengan aturan kedokteran dunia, maka harus dicabut. Jangan sampai karena aturan yang salah, dokter-dokter Indonesia malah tidak diakui dunia," pungkas Bamsoet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap Fakta Aksi Pembunuhan oleh Dosen UNM, Berawal dari Tersinggung

Posted: 25 Mar 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Gowa, Makassar digegerkan dengan kabar pegawai Badan Administrasi dan Umum (BAU) kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) yang ditemukan di dalam mobil dalam kondisi tidak bernyawa, Kamis (21/3/2019). Pelaku pembunuhan berinisial WJ, ditangkap polisi beberapa jam usai kejadian di RS Bhayangkara Makassar ketika ingin melihat proses autopsi korban.

Meski sempat membuat skenario pembunuhan seolah-olah adalah perampokan, status WJ akhirnya ditetapkan menjadi tersangka pada Minggu dini hari, (24/3/2019). Hal tersebut dilakukan setelah polisi menemukan sejumlah bukti.

Penjelasan Motif Pembunuhan

Istri Pejabat Sulsel saat ditemukan tidak bernyawa di dalam mobilnya (Fauzan/Liputan6.com)

"Motif pelaku membunuh korban hanya karena emosi sesaat yang dilampiaskan pelaku secara tidak terkontrol akibat ketersinggungan pelaku pada korban. Pelaku tidak mengakui adanya hubungan asmara dengan korban. Keduanya hanya rekan kerja. Di hasil sementara otopsi juga, tidak ditemukan tanda-tanda kehamilan," ungkap AKBP Shinto Silitonga di Mapolres Gowa, Minggu, (24/3/2019).

Dengan sejumlah temuan, fakta pembunuhan istri seorang pejabat di Makassar tersebut secara pelan-pelan terungkap. Tersangka WJ yang tadinya hanya sebagai saksi, kemudian menceritakan kronologi dirinya menghabisi nyawa rekan kerjanya itu, setelah bukti-bukti ditemukan.

Menurut AKBP Shinto, kematian SZ bukan disebabkan oleh jerat sabuk pengaman di lehernya. Namun, hasil dari pelaksanaan otopsi justru menemukan tanda kekerasan benda tumpul pada kepala bagian tengah belakang.

Karena pukulan yang cukup keras tersebut, tulang leher korban patah dan berakibat pada terhambatnya saluran pernafasan. Selain itu, ditemukan pula memar pada pipi kiri dan paha kanan yang menunjukkan bahwa tersangka sebelumnya memukuli korban terlebih dahulu.

Pelaku Merekayasa Aksi Pembunuhan

Yang menjadi sorotan dari kejadian nahas yang menimpa SZ adalah status tersangka yang merupakan rekan kerja dan juga kerabat. Tersangka WJ mengaku bahwa korban terlalu ikut campur dengan urusan pribadinya.

Karena terbawa emosi, tersangka mengajak korban berbincang di dalam mobil sebelum akhirnya menghabisi nyawanya. Aksi pembunuhan dosen UNM bergelar Doktor tersebut nampaknya cukup serius karena alibi tersangka yang membuat kronologi sedemikian rupa.

Tersangka WJ yakin bahwa usahanya untuk membuat kasus pembunuhan ini seolah-olah perampokan berhasil. Saking percaya dirinya, tersangka bahkan ikut mengantar jenazah Zulaeha ke RS Bhayangkara Makassar saat hendak diidentifikasi.

Kronologi Rekayasa

Kronologi alibi pelaku dimulai dengan aksi dirinya memecahkan kaca mobil korban hingga terlihat seolah-olah korban diserang perampok. WJ disebut merekayasa peristiwa pembunuhan SZ seperti yang diutarakan polisi.

"Pelaku ini memang terlebih dahulu membunuh korban. Lalu membawanya ke depan gudang itu lalu memecahkan kaca mobil, agar seolah itu adalah kasus perampokan," ujar Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani, Senin, (25/3/2019).

Kelicikannya segera terungkap dengan ditemukannya bercak darah tersangka di dalam mobil beserta sidik jari pada botol minuman. Selain itu, nampaknya satu hal luput dari kelicikan tersangka mengingat polisi tidak menemukan adanya barang korban yang hilang.

Atas perbuatannya tersebut, WJ dijerat Pasal Pasal 338 KUHP Subsider Pasal 351 Ayat 3 KUHP. Dia diancam hukuman paling lama 15 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikirimin Foto Badan Berotot Oleh Cowok Bule, Reaksi Pria ini Kocak Banget

Posted: 25 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki tubuh ideal, siapa sih yang enggak mau. Namun tidak semua orang memiliki tubuh ideal. Pasti ada beberapa bagian tubuh yang membuatnya tidak percaya diri. Tak heran bila saat ini olahraga dan diet ketat sudah menjadi gaya hidup masyarakat di kota-kota besar. Salah satu bagian tubuh yang sering menjadi fokus masyarakat hingga giat berolahraga adalah perut.

Ya, perut sixpack atau berotot biasanya merupakan hasil kerja keras serta rutin berolahraga ini memang membuat para pria terlihat gagah dan menawan. Nggak heran kalau memiliki perut yang sixpack atau berotot jadi idaman sebagian para lelaki. Apalagi saat ini banyak orang yang memiliki masalah perut buncit dan ingin membentuk badan berotot.

Olahraga untuk mengecilkan perut yang biasa dilakukan adalah sit up. Namun kadang banyak orang yang gagal bisa mendapatkan perut yang indah dan badan berotot dan justru tidak sedikit orang yang kerap mengalami kegagalan memiliki badan ideal. Namun, jika proses pembentukan badannya berhasil hal yang paling umum dilakukan oleh mereka yang memilki badan bagus adalah pamer!

Ya, pamer dengan memfoto badan bagus dan berotot biasanya dilakukan dengan mengupdate ke media sosial. Sehingga hal yang paling ditunggu oleh mereka yang memiliki badan berotot adalah pujian. Memang, sifat alami manusia ingin mendapat pujian dari orang lain. Seperti yang dirasakan oleh pria satu ini, Liputan6.com, Selasa (26/3/2019).

Dikirimin badan berotot oleh cowok bule

Dikirimin Foto Badan Berotot Oleh Cowok (Sumber:Twitter/@Viann___ )

Pria yang dengan akun @Viann___ membagikan kisahnya di akun media sosial dengan memosting sebuah foto yang menunjukkan dirinya dikirimin foto badan berotot oleh cowok bule. Entah apa maksud si cowok bule tersebut mengirimkan fotonya badan atletisnya kepada @Viann___, sehingga membuat ia bertanya maksud dari si cowok bule tersebut mengirim foto tersebut.

@Viann___ menuliskan dalam statusnya bahwasanya ia normal dan bertanya "Trus kenapa anj*ng, Muka ke Puko* itu dipamerin". Namun, si cowok bule tersebut meminta untuk menjelaskan dengan bahasa Inggris.

Mendapat reaksi kocak

Dikirimin Foto Badan Berotot Oleh Cowok (Sumber:Twitter/@Viann___ )

Karena @Viann___ mengaku tidak bisa berbahasa Inggris, kemudian si cowok bule meminta untuk mengirimkan foto dari dirinya. Akan tetapi bukannya menuruti keinginan dari si cowok bule, ia kemudian malah mengirimkan foto molen. Postingannya ini sempat viral dan tak ayal membuat reaksi yang beragam dari netizen Indonesia yang budiman.

Dikirimin Foto Badan Berotot Oleh Cowok (Sumber:Twitter/@Viann___ )

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas Indonesia U-23 Vs Brunei: Laga Selamatkan Muka

Posted: 25 Mar 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Timnas Indonesia U-23 menjalani laga terakhir Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2019). Laga yang sudah tidak berpengaruh itu akan menjadi hiburan bagi kedua tim sebelum pulang ke negara masing-masing.

Tim Garuda Muda dipastikan tidak akan melangkah ke putaran final Piala AFC U-23 2020 setelah menelan dua kekalahan dalam dua laga pertama. Timnas Indonesia U-23 kalah 0-4 dari Thailand di laga pertama, Jumat (22/3/2019), dan kemudian kalah tipis 0-1 dari tuan rumah Vietnam pada Minggu (24/3/2019).

Lebih apes ketimbang Timnas Indonesia U-23, Brunei Darussalam menjadi bulan-bulanan saat menghadapi Vietnam dan Thailand. Brunei kalah telak 0-6 saat menghadapi Vietnam di pertandingan pertama dan kemudian dihabisi hingga 0-8 oleh Thailand di pertandingan kedua.

Berkaca dari hasil pertandingan yang dijalani kedua tim saat menghadapi Vietnam dan Thailand, Timnas Indonesia U-23 tentu memiliki peluang besar memenangi pertandingan ini.

Namun, mengingat hasil pertandingan sudah tidak menentukan apa pun, pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, berencana untuk melakukan sejumlah rotasi. Dia akan memberikan kesempatan bermain bagi mereka yang belum mendapatkan begitu banyak menit bermain.

"Ya pasti banyak rotasi di pertandingan ini. Yang jelas kami memastikan pemain yang kami pilih memiliki kemampuan yang sama, oleh karena itu kami akan mencoba pemain-pemain yang belum bermain," ujar Indra Sjafri.

 

Berikan Kesempatan

Setelah memainkan Awan Setho dan Satria Tama di pertandingan sebelumnya, besar kemungkinan Indra Sjafri akan menurunkan Muhammad Riyandi di pertandingan kontra Brunei untuk menjadi pengawal gawang Tim Garuda Muda. Sementara itu, di lini belakang kemungkinan ditempati Fredyan Wahyu, Rachmat Irianto, dan Samuel Christianson.

Begitu pula dengan Hanif Abdurrauf Sjahbandi, Rafli Syarahil, dan Kadek Agung di lini tengah. Besar kemungkinan Indra Sjafri juga akan memberikan kesempatan kepada para gelandang yang selama ini menempati bangku cadangan Timnas Indonesia U-23.

Prakiraan Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23: Muhammad Riyandi (kiper); Fredyan Wahyu, Andy Setyo, Rachmat Irianto, Samuel Christianson (belakang); Hanif Abdurrauf Sjahbandi, Rafli Syarahil, Kadek Agung (tengah); Saddil Ramdani, Witan Sulaeman, Dimas Drajad (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Brunei U-23 (5-3-2): Abd Mutalip Awg Hj Mohammad (kiper); Muhammad Abdul Syakir, Muhammad Salleh, Ak Mohd Alimuddin PG Jamaludin, Muhammad Abdul Syakir, Muhammad Nur Aiman (belakang); Muhammad Nazif Safwan, Muhammad Nur Asyraffahmi, Nazirrudin Haji Ismail (tengah); Mohammad Nor Shahbidin Abdullah Samsudin, Muhammad Abdul Mateen (depan)

Pelatih: Stephen Ng Heng Seng 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wakil Ketua DPR Serap Keluhan dan Aspirasi Ibu-Ibu Dari Bogor

Posted: 25 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menerima kunjungan dan aspirasi masyarakat Kabupaten Bogor yang tergabung dalam ibu-ibu pengajian Raudhotul Jannah Villa Nusa Indah, Jawa Barat.

"Seperti biasa, di DPR ini banyak dikunjungi oleh masyarakat, baik anak-anak sekolah dari TK sampai SMA, juga mahasiswa, ibu-ibu dan masih banyak lagi. Untuk Kali ini yang datang ke DPR RI ini ibu-ibu dari Raudhotul Jannah, Villa nusa Indah, Bogor Jawa Barat. Kebanyakan dari mereka ini merupakan pengalaman pertama bisa berkunjung ke gedung rakyat ini. Selain sebagai sebuah edukasi, kebanyakan dari mereka juga mengadukan berbagai permasalahan atau aspirasi yang mereka hadapi,"ujar Fadli di Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta, Senin (25/3).

Aspirasi tersebut diantaranya berupa keluhan dari ibu-ibu terkait ujian nasional (UN) yang harus dijalani oleh putra-putri mereka. Pasalnya, tidak sedikit siswa yang merasa terbebani oleh adanya UN tersebut hingga stress, bahkan sakit. Hal tersebut tentu menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para ibu ketika anaknya sudah akan memasuki masa UN.

Menanggapi hal itu Fadli mengatakan bahwa pihaknya juga menilai bahwa UN tidak memberikan manfaat yang lebih pada anak didik. Pasalnya, terkadang apa yang dipelajari malah tidak keluar dalam UN tersebut. selain itu juga Politisi dari Fraksi Partai Gerindra ini menilai UN tidak memberikan gambaran yang utuh tentang standarisasi sebuah system pendidikan. Oleh karena itu pihaknya juga telah meminta pemerintah meninjau ulang penyelenggaraan UN pada siswa didik. Lebih lanjut ia berharap ke depan harus ada cara lain yang digunakan untuk bisa mengetahui minat dan bakat siswa.

Aspirasi lain yang terungkap dalam kesempatan itu adalah terkait masih adanya masyarakat Bogor yang belum memiliki KTP Elektronik ( E-KTP). Padahal mereka secara resmi telah mendaftar, mengurus hingga bertahun-tahun. Namun E-KTP belum juga diterimanya.

"Penduduk asli yang secara resmi mengurus belum juga dapat EKTP hingga bertahun-tahun. Ironisnya, ada WNA (warga Negara asing) yang dengan mudah malah bisa mendapatkan EKTP tersebut. terlebih lagi menjelang Pileg dan Pilpres ini, hal tersebut tentu akan menjadi masalah lain di belakangnya,"papar Fadli.

Dari sana ia berharap agar permasalah E KTP ini dapat segera diperbaiki, termasuk didalamnya pendataan dalam administrasi kependudukan.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Perlihatkan Video CCTV Ratna Sarumpaet Datangi Rumah Sakit

Posted: 25 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jaksa Penutut Umum memperlihatkan rekaman kamera pemantau  CCTV milik RSK Bedah Bina Estetika, Menteng Jakarta Pusat. Rekaman itu menjadi salah satu barang bukti dalam perkara kasus penyebaran berita bohong yang dilakukan oleh terdakwa Ratna Sarumpaet.

Dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jaksa Penutut Umum meminta majelis hakim memutar rekaman CCTV Ratna Sarumpaet di RSK Bedah Bina Estetika. CCTV direkam ulang oleh penyidik bernama Niko Purba pada 24 September 2018, sekira pukul 21.00 WIB.

"CCTV yang ter-record oleh saya. Jadi pada saat ke rumah sakit, saya rekam pakai handphone dan saya simpan ke flashdisk, saya jadikan barang bukti," ucap Niko.

Dalam CCTV yang diputar telihat Ratna Sarumpaet memakai baju putih, celana jeans dan kerudung biru. Ratna juga membawa tas jinjing. Ia keluar dari RSK Bedah Bina Estetika, Menteng Jakarta Pusat dan langsung naik taksi.

"Saya konfirmasi itu ke sekuriti adalah bu Ratna keluar setelah rawat inap, dan keluar naik taksi," ucap dia.

Jaksa sebelumnya mendakwa Ratna Sarumpaet telah menyebarkan berita bohong kepada banyak orang yang dapat menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat.

Apalagi, berita bohong yang disebarkannya itu dinilai telah menimbulkan pro dan kontra. Oleh karena itu, jaksa penuntut umum mendakwa aktivis itu dengan dakwaan alternatif.

"Dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," ujar jaksa saat membacakan dakwaannya di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (28/2/2019).

 

 

Dakwaan Jaksa

Pada dakwaan pertama, jaksa menduga Ratna Sarumpaet telah melakukan perbuatan dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Sementara pada dakwaan kedua, jaksa menduga Ratna Sarumpaet, "Dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, ras atau antar golongan (SARA)."

Sebagian masyarakat Kota Bandung bereaksi dengan menuntut terdakwa meminta maaf kepada masyarakat Bandung. Mereka tersinggung karena menyebut-nyebut nama kota mereka sebagai lokasi kejadian.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," tutur jaksa.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Potret Kemesraan Irish Bella - Ammar Zoni, Dikabarkan Segera Menikah

Posted: 25 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Irish Bella dan Ammar Zoni saat ini tengah menjadi topik hangat di jagat maya. Setelah Februari lalu sepasang kekasih ini bertunangan, kini tersebar undangan pernikahan Irish Bella dan Ammar Zoni yang belum dipublikasikan.

Sebuah akun instagram mengunggah undangan foto pernikahan tersebut, dalam foto undangan pernikahan tersebut  Irish Bella dan Ammar Zoni akan melangsungkan upacara pernikahan pada 28 April 2019 di Cibodas, Jawa Barat.

Beberapa informasi lain diburamkan, namun terlihat jelas bahwa akad nikah Irish Bella dan Ammar Zoni akan diselenggarakan pada pukul 15.00 WIB, sementara resepsinya dilaksanakan pada malam hari, mulai pukul 18.00 WIB. Hingga kini, kedua belah pihak masih belum mengumumkan kabar terkait tanggal pernikahan ini secara langsung kepada publik.

Terlepas dari hal tersebut, kedua pemain sinetron "Cinta Suci" ini mengunggah sebuah video singkat yang memperlihatkan kemesraan mereka pada Minggu (24/3/2019) di laman instagramnya masing-masing. Mulanya Ammar Zoni dahulu yang menunggah video tersebut, tidak hanya video singkat saja namun juga disertai caption yang manis.

Aktor tampan tersebut menuliskan "Senja emang indah sih, tapi lebih indah kalau ada kamu di dalamnya," tulisnya.

Melihat postingan dari Ammar, Irish Bella pun tak mau kalah, di hari yang sama ia mengunggah video singkat dirinya bersama dengan tunangannya tersebut. Aktris cantik tersebut juga menuliskan sebuah kalimat manis.

"Makasih ya sayang Ammar Zoni untuk ungkapan sayangnya! So sweet! ini balasan dari aku!" ungkap Irish.

Perjalanan Asmara Irish Bella

Sebelum menjalin asmara dengan Ammar Zoni, Irish Bella pernah menjalin asmara dengan dua aktor lainnya. Diketahui dua-duanya terlibat cinta lokasi saat membintangi sinetron yang sama.

Mantan kekasih yang pertama ialah Rezky Aditya. Keduanya bertemu saat bermain sinetron "Jakarta Love Story". Hubungan Irish Bella dan Rezky Aditya diketahui media pada Februari 2015 silam. Kala itu, gadis berdarah Indonesia-Belgia ini mengaku sudah pacaran selama enam bulan.

Namun, kisah cinta Irish Bella dan Rezky Aditya kandas di tengah jalan. Jarak yang cukup jauh membuat intensitas waktu pertemuan keduanya berkurang menjadi alasan mereka putus.

Lama tidak memiliki kekasih, Irish Bella beradu akting dengan Giorgino Abraham dalam sinetron "Berkah Cinta".  Hingga akhirnya wanita kelahiran Cirebon, 23 April 1996 ini jatuh kepelukan Giorgino Abraham. Hubungan asmara keduanya memang penuh sensasi. Pasalnya, sebelumnya Giorgino masih memiliki kekasih Angela Gilsha yang juga bermain dalam satu sinetron yang sama. 

Saat sinetron yang dibintangi keduanya usai, hubungan percintaan Irish Bella dan Giorgino Abraham pun kandas.

Namun, kabar terbarunya kini Giorgino Abraham telah memiliki pengganti dari Irish Bella. Dalam laman instagramnya ia  menunjukkan kebersamaan dengan seorang wanita cantik yang diketahui bernama Ailish Ferguson.

Bertemu dalam sinetron "Cinta Suci" dengan Ammar Zoni,  akhirnya kini Irish Bella memilih Ammar Zoni sebagai pelabuhan terakhir hatinya.

Nah, bagaimana potret kemesraan pasangan muda yang namanya tengah naik daun itu? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2019).

Potret Kemesraan Irish Bella-Ammar Zoni

1. Menghabiskan waktu bersama dengan naik montor sambil menikmati jalanan.

2. Enggak cuma naik montor aja, mereka juga terlihat sedang olahraga bersama.

3. Irish Bella sedang sakit pun Ammar Zoni setia menemani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arsenal Ikut Incar Pemain Gratisan MU

Posted: 25 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Arsenal memanaskan persaingan untuk mendapatkan pemain gratisan Manchester United Ander Herrera. Meriam London bersaing dengan Paris Saint Germain.

Herrera bisa didapat gratis pada musim panas 2019. Pasalnya kontrak pria Spanyol itu bersama MU akan habis pada akhir musim nanti. 

MU sebenarnya ingin memperpanjang kontrak Herrera. Sayangnya negosiasi kontrak baru menemui jalan buntu. Herrera ingin mendapat kenaikan gaji, namun MU keberatan memenuhi permintaannya.

Jika terus terkatung-katung, Arsenal siap menyalip Herrera. Menurut laporan Daily Mail, Arsenal tergiur memboyong Herrera karena tak perlu mengeluarkan biaya transfer sama sekali.

Sebelum Arsenal, PSG sudah lebih dulu membidik Herrera. Bahkan PSG konon sudah membuka pembicaraan dengan eks pemain Athletic Bilbao tersebut.

Gantikan Ramsey

Ander Herrera  (AFP/Geoff Caddick)

Arsenal mengincar Herrera karena membutuhkan kehadiran gelandang baru setelah Aaron Ramsey memutuskan pergi akhir musim nanti.

Seperti diketahui, Ramsey menolak memperpanjang kontraknya yang habis akhir musim nanti. Ramsey memilih melanjutkan petualangan bersama Juventus.

Klasemen Liga Inggris

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Rp800 Jutaan untuk Milenial, Mau?

Posted: 25 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Stigma bahwa generasi milenial enggan membeli properti kian berkembang akhir-akhir ini. Meski kenyataannya, hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index H1-2019 menunjukkan 59% responden mengaku berencana membeli rumah dalam 6 bulan ke depan. 

Marine Novita, Country Manager Rumah.com mengatakan, dari total responden yang optimistis membeli rumah, sebesar 37% berasal dari kelompok usia 21-29 tahun atau milenial muda. Sementara 34% lainnya berasal dari milenial tua, kelompok usia 30-39 tahun.

Baca juga: Panduan Lengkap Beli Hunian Pertama

Hasil survei tersebut menunjukkan kesadaran generasi milenial untuk memiliki hunian sendiri sudah cukup tinggi. Tak pelak, pengembang pun menarik ceruk pasar ini dengan membesut proyek properti yang sesuai dengan keinginan milenial.

"Milenial identik dengan gaya hidup yang simpel dan praktis, sehingga memiliki kriteria tersendiri dalam memilih hunian. Interior yang simpel dan dominan dengan bentuk-bentuk geometris menjadi ciri selera hunian milenial," ujar Assistant Vice President Strategic Residential Marketing Agung Podomoro Land, Agung Wirajaya.

"Oleh karena itu, Cluster Padmagriya yang berlokasi di Bandung Selatan memiliki konsep arsitektur modern minimalis dengan tetap mengutamakan keselarasan alam. Cluster Padmagriya kami lepas dengan harga mulai Rp800 jutaan. Jumlah unitnya terbatas," imbuhnya.

(Mau beli rumah dengan sistem kredit? Simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

 

(Simak Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya) 

Rilisnya klaster baru tersebut merupakan learning dari larisnya tiga klaster lain di dalam kawasan Podomoro Park, Bandung. Dimana respon pasar yang cukup baik menghasilkan penjualan lebih dari 70%.

"Sementara di satu sisi, kami tetap menyadari kebutuhan milenial akan hunian yang sesuai dengan karakternya. Untuk itulah di dalam proyek baru ini, kami hadirkan rumah satu lantai dengan dua tipe yakni luas 6x11 meter dan 7x12 meter. Tipe minimalis seperti ini sangat cocok bagi milenial dan keluarga muda," ia menambahkan.

Tak lupa Agung mengingatkan, "Ini saatnya generasi milenial mengartikan prinsip hidup 'you only live once' dengan hal yang lebih bermakna."

Menurutnya, menikmati hidup tak berarti lupa akan masa depan. Dan memilki properti sejak dini merupakan cara pintar untuk menjadikan hidup lebih berarti dan mempersiapkan masa depan lebih baik.

Terutama, properti merupakan salah satu jenis investasi yang menjanjikan bagi masa depan, karena harganya yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

(Eits, jangan coba-coba beli rumah di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rilis Produk Rokok Baru, Sampoerna Tunggu Regulasi Pemerintah

Posted: 25 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Induk perusahaan PT Handaya Mandala Sampoerna Tbk (HM Sampoerna) yaitu Philip Morris International telah mengeluarkan produk rokok tanpa asap (Iqos). Saat ini, produk tersebut telah dipasarkan di lebih dari 40 negara di Eropa dan Asia, termasuk Jepang dan Korea.

Direktur Urusan Eksternal Sampoerna HM Sampoerna, Elvira Lianita mengatakan, meski sudah dikenal di negara lain, produk Iqos ini belum dipasarkan di Indonesia.

"Induk perusahaan kami memang memiliki inovasi produk tembakau bernama Iqos. produk ini menggunakan tembakau asli, namun, perbedaan antara Iqos dan rokok adalah cara konsumsi. Kalau rokok dibakar, sementara Iqos dipanaskan," ujar dia di Jakarta, Selasa (26/3/2019).

Elvira menjelaskan, berbeda dengan produk industri hasil tembakau (IHT) yang selama ini dikenal, produk Iqos memiliki risiko kesehatan yang lebih rendah. Oleh sebab itu, produk ini banyak diterima di negara-negara maju.

"Kalau dipanaskan maka pembentukan zat-zat kimia yang berbahaya maupun berpotensi berbahaya lebih kecil ketimbang jika dibakar. Itu perbedaan mendasarnya," kata dia.

Terkait komersialisasi Iqos di Indonesia, lanjut, Elvira diperlukan adanya dua parameter yang menjadi pertimbangan utama. Pertama, terkait dengan pemahaman perokok dewasa tentang produk tersebut.

"Sebelum kami meluncurkan Iqos untuk komersialisasi di Indonesia, kami ingin mempelajari dulu bagaimana pemahaman perokok dewasa tentang perbedaan antara Iqos yang dipanaskan dan rokok yang dibakar. Jadi kami harus memastikan bahwa perokok dewasa paham perbedaannya, sehingga mereka bisa memilih dengan informasi yang cukup," ungkap dia.

 

Parameter Kedua

Ilustrasi Foto Kemasan Rokok (iStockphoto)

Adapun parameter kedua tentang regulasi dan kebijakan fiskal yang tepat untuk produk ini. "Hal ini memang ada aturan cukainya. Tetapi masih ada hal-hal yang perlu disikapi pemerintah baik dari sisi regulasinya maupun sisi fiskalnya sehingga tercipta iklim usaha yang pasti dan berkelanjutan," lanjut dia.

Jika kedua parameter tersebut sudah terealisasi, Sampoerna siap memasarkan Iqos di Indonesia.

"Kalau kedua hal tersebut sudah ada, yakni pemahaman konsumen dewasa serta lingkungan regulasi dan fiskalnya sudah sesuai, maka disitulah kami akan mempertimbangkan untuk komersialisasi Iqos di Indonesia," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Gaya Nagita Slavina dan Ayu Ting Ting di Acara 7 Bulanan Sarwendah

Posted: 25 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan Ruben Onsu dan Sarwendah baru saja menggelar syukuran tujuh bulanan dengan mengusung adat Jambi dalam pelaksanannya beberapa waktu lalu. Di momen bahagia ini, keluarga dan teman-teman dekat, termasuk Ayu Ting Ting dan Nagita Slavina, turut hadir.

Kontras dengan sang pemilik acara, kedua figur publik itu memilih busana dengan nuansa sama sekali berbeda. Di sebuah foto yang dibagikan Sarwendah di akun Instagram-nya, @sarwendah29, baru-baru ini, Gigi, sapaan akrab Nagita, terlihat berbusana kasual.

Datang bersama putranya, Rafathar Malik Ahmad, istri Raffi Ahmad ini terlihat memakai kemeja cream berpadu celana hitam. Pelengkap penampilannya hanya berupa jam di pergelangan tangan kanan dan sling bag hitam.

Nagita Slavina (kanan) hadir di acara 7 bulanan Sarwendah. (dok. Instagram @sarwendah29/https://www.instagram.com/p/Bva9TpNA-DA/Asnida Riani)

Gigi memang dikenal lewat gaya busana kasual nan simpel dengan pilihan warna-warna netral. Style andalan ini ternyata dipilih perempuan 31 tahun tersebut saat menghadiri acara syukuran tujuh bulanan Sarwendah.

Penampilan sederhana perempuan berambut panjang ini dipertegas dengan polesan makeup tak terlalu heboh. Satu yang paling tampak di penampilan Gigi adalah lipstik merah muda dengan shade cukup bold yang memulas bibir.

Senada dengan Gigi, Rafathar juga terlihat memakai busana super santai. Bocah lelaki itu kedapatan memakai celana biru dongker yang dipadankan dengan kaus berwarna tosca.

Ayu Ting Ting hadiri acara 7 bulanan Sarwendah. (dok. Instagram @ayutingting92/https://www.instagram.com/p/BvYpyCZlV6a/Asnida Riani)

Berbeda dengan Gigi yang memilih berpenampilan kasual, Ayu memakai gaun beraksen transparan ketika hadir di acara tujuh bulanan Sarwendah. Dress biru dengan detail floral putih ini memberi kesan feminin di penampilan sang pedangdut.

Seperti Gigi, Ayu juga tak memakai terlalu banyak aksesori, hanya gelang dan cincin berdesain sederhana. Ibu satu anak ini tampak membawa tas berwarna abu-abu dengan ukuran cukup besar untuk melengkapi penampilannya.

Rambut panjang pelantun Kamu Kamu Kamu ini dibiarkan tergerai, sementara makeup tipis dengan aplikasi lipstik merah muda seperti yang dipulas Nagita Slavina menghiasi penampilan Ayu Ting Ting, hanya saja dalam shade lebih cerah ketimbang Gigi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

LIPI: Kami Tidak Pernah Keluarkan Survei Elektabilitas

Posted: 25 Mar 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengklarifikasi soal hasil survei yang disebut-sebut dalam diskusi Migrasi Suara Pilpres 2019: Hasil Survei versus Realitas yang diselenggarakan oleh Rumah Demokrasi di Jakarta, pada Minggu, 24 Maret 2019. Kepala Pusat Penelitian Politik LIPI Firman Noor menegaskan, pihaknya belum pernah mengeluarkan hasil survei terkait Pilpres 2019.

Dia menuturkan, peneliti LIPI yang hadir dalam diskusi itu, yakni dirinya dan Aisah Putri Budiatri sebagai narasumber untuk mencermati secara umum peluang migrasi suara dalam Pemilu 2019.

Namun, LIPI tidak pernah mengeluarkan hasil survei yang menyatakan elektabilitas Jokowi-Maruf 40,30 persen, Prabowo-Sandi 45,45 persen, tidak tahu/tidak jawab 14,25 persen.

"LIPI tidak pernah mengeluarkan hasil survei yang menyatakan elektabilitas," kata Firman Noor dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Selasa (26/3/2019).

"Hasil survei yang disampaikan dalam diskusi pada 24 Maret 2019 tersebut adalah hasil survei Rumah Demokrasi yang disampaikan oleh saudar Ramdansyah. LIPI tidak terlibat sama sekali di dalam proses dan penyampaian hasil survei tersebut," lanjut dia.

Dia tak ingin ada interpretasi yang menyesatkan dan menimbulkan kesalahpahaman dalam survei tersebut.

Oleh karena itu, dia meminta semua pihak lebih cermat, berhati-hati dan bertanggung jawab dalam menyampaikan atau menyebarluaskan informasi kepada publik. "Agar tidak terjebak pada pemberitaan hoaks yang dapat merugikan kredibilitas sebuah lembaga, khususnya lembaga penelitian seperti LIPI," Firman Noor menjelaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksi: Ratna Sarumpaet Bayar Operasi Plastik Rp 90 Juta

Posted: 25 Mar 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saksi pelapor kasus penyebaran hoaks, Niko Purba, menyebut terdakwa Ratna Sarumpaet merogoh kocek operasi plastik senilai Rp 90 juta. Hal itu terungkap dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

"Ada tiga kali tahapan pembayaran Rp 25 juta, Rp 25 juta, Rp 40 juta, jadi total Rp 90 juta, itu yang saya ingat pembayarannya (salah satunya) di tanggal 24 September 2018 bayarnya, tapi yang lain saya lupa (tanggalnya). Saya bersama tim melihat bukti tersebut ada tujuh anggota," kata Niko, saksi pihak kepolisian dari Polda Metro Jaya yang dihadirkan tim JPU di PN Jakarta Selatan, Selasa (26/3/2019).

"Lalu, dibayarkannya bagaimana oleh terdakwa?" tanya jaksa kembali.

"Yang saya tahu dan ingat, pakai debet BCA atas nama Ratna Sarumpaet," jawab Niko.

Selain bukti pembayaran, Niko dan tim penyidik Polda Metro Jaya juga menemukan jadwal operasi Ratna Sarumpaet untuk operasi wajah.

"Itu terjadwal tanggal 21 (September) untuk Bu Ratna Sarumpaet, operasi plastik untuk wajah," ucap Niko.

Dakwaan Jaksa

Pada dakwaan pertama, jaksa menduga Ratna Sarumpaet telah melakukan perbuatan dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat.

Sementara pada dakwaan kedua, jaksa menduga Ratna Sarumpaet, "Dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, ras atau antar golongan (SARA)."

Sebagian masyarakat Kota Bandung bereaksi dengan menuntut terdakwa meminta maaf kepada masyarakat Bandung. Mereka tersinggung karena menyebut-nyebut nama kota mereka sebagai lokasi kejadian.

"Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 28 ayat (2) Jo Pasal 45 A ayat (2) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," tutur jaksa.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Miliarder Jerman Sumbang Rp 155 Miliar Gara-Gara Masa Kelam Nazi, Kenapa?

Posted: 25 Mar 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Berlin - Salah satu keluarga terkaya di Jerman, klan Reimann, mengatakan mereka akan menyumbangkan US$ 11 juta (sekitar Rp 155,95 miliar) untuk sebuah badan amal setelah mengetahui bahwa pendahulu mereka memiliki kaitan erat dengan masa kelam Nazi.

Kabar ini beredar luas setelah koran lokal, Bild am Sonntag, mewartakan tentang JAB Holding Company yang dimiliki oleh klan Reimann dan mendapati bahwa pemiliknya yang dulu, Albert Reimann Sr. dan Albert Reimann Jr. adalah pendukung rezim Adolf Hitler dan anti-Semit.

Peter Harf, juru bicara keluarga dan mitra pelaksana JAB Holding Company, membenarkan laporan Bild am Sonntag.

"Reimann Sr. dan Reimann Jr. bersalah. Keduanya telah meninggal, tetapi mereka seharusnya berada di penjara," kata Harf kepada surat kabar Jerman itu, yang dikutip BBC, Selasa (26/3/2019).

Harf menambahkan, pihak keluarga telah menugaskan penyelidikan independen terkait kasus ini sejak tiga tahun lalu. Dia dan keluarga "tidak bisa berkata apa-apa" ketika hasil investigasi awal, baru-baru ini disodorkan kepada mereka.

"Kami malu setegah mati. Tidak ada yang perlu ditutupi lagi. Kejahatan-kejahatan ini menjijikkan," menurut Harf.

Peter Harf. Salah satu anggota keluarga terkaya ini minta maaf karena leluhurnya adalah pengabdi Nazi.

JAB Holding Company mempunyai saham mayoritas di beberapa merek besar, termasuk Panera Bread dan Krispy Kreme Doughnuts.

Sementara itu, laporan yang dikuak oleh tim penyelidik berfokus pada Albert Reimann Sr. dan Albert Reimann Jr. serta perusahaan bahan kimia industri mereka di kota Ludwigshafen selama rezim Nazi berkuasa.

Bild am Sonntag merinci dokumen yang menyebut bahwa warga sipil Rusia dan tawanan perang Prancis dieksploitasi sebagai pekerja paksa di pabrik keluarga dan vila pribadi Reimann.

Reimann Sr. diketahui menyumbang sejumlah dana untuk menyokong The Schutzstaffel atau pasukan SS (paramiliter organisasi di bawah naungan Adolf Hitler dan Nazi) pada awal 1931.

Sedangkan Reimann Jr. pernah menyampaikan keluhan kepada walikota Ludwigshafen, melalui sepucuk surat, bahwa POW Prancis (POW adalah singkatan dari prisoner of war atau tahanan perang) tidak bekerja dengan baik.

Namun Reimann Sr. dan Reimann Jr., yang meninggal pada tahun 1954 dan 1984, tidak pernah sekalipun membicarakan tentang masa lalu Nazi mereka kepada keturunannya, menurut Harf. Keluarga percaya, laporan tahun 1978 telah mengungkapkan semua hubungan JAB Holding Company dengan Nazi.

Empat generasi penerus keluarga Reimann juga sudah mulai mengajukan pertanyaan kepada sesepuh di garis keturunan mereka yang masih hidup, setelah membaca dokumen lama keluarga, dan menugaskan seorang sejarawan di University of Munich, Profesor Paul Erker, untuk memeriksa sejarah klan Reimann dengan lebih cermat.

Sejarawan lain yang telah melihat arsip Reimann, Profesor Christopher Kopper, menyimpulkan, "Ayah dan anak (Reimann Sr. dan Reimann Jr.) tampaknya bukan oportunis politik, melainkan National Socialist (Sosialis Nasional)."

Di satu sisi, keluarga Reimann belum menyebutkan badan amal mana yang telah dipilih mereka untuk menerima sumbangan senilai Rp 155 miliar tersebut.

Entah itu berada di Jerman atau di luar negara ini. Sebab, sebagaimana diketahui, JAB Holding Company menggenggam sejumlah merek ternama dan restoran besar di Amerika Serikat, termasuk Calgon, Peet's Coffee, Dr. Pepper, Keurig Green Mountain, Caribou Coffee Co., Clearasil dan lain-lain.

Harp menyampaikan melalui siaran persnya bahwa setelah semua penyelidikan selesai, mereka akan mengumumkannya kepada publik.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Masa Lalu yang Suram

Sejumlah batu nisan dan monumen Holocaust yang dicoret-coret dengan simbol swastika nazi di sebuah pemakaman Yahudi di Strasbourg, Prancis (17/12). Aksi vandalisme ini diketahui dilakukan Selasa di pemakaman Yahudi Herrlisheim. (AFP Photo/Sebastien Bozon)

Bild am Sonntag melaporkan bahwa budak perempuan dari Eropa Timur yang 'dikuasai' Nazi, diperlakukan sebagai ras yang lebih rendah.

Mereka acap kali dipukul dan mengalami pelecehan seksual di Ludwigshafen am Rhein, Rhineland, Jerman. Salah satu di antaranya ialah seorang pelayan wanita Rusia.

Jutaan etnis Slavia dipaksa bekerja keras di bawah kondisi yang buruk di pabrik-pabrik Nazi atau di pertanian. Biasanya, mereka hanya menerima sedikit upah atau tidak dibayar sama sekali.

Orang-orang Yahudi juga dijadikan pekerja budak, meskipun umumnya mereka dibantai oleh pasukan SS.

Sejak 1990-an beberapa perusahaan Jerman terkenal yang diduga mendapat untung dari perbudakan Nazi, telah digugat oleh para penyintas atau kerabat mereka.

Semisal saja Volkswagen, yang didirikan pada tahun 1937 sebagai bagian dari visi Adolf Hitler untuk memudahkan keluarga Jerman memiliki mobil pertama mereka.

Selama perang, perusahaan otomotif yang berbasis di Wolfsburg tersebut memproduksi kendaraan untuk tentara Jerman, menggunakan lebih dari 15.000 pekerja budak dari kamp konsentrasi terdekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BK DPR Terima Kunjungan Delegasi Partai Buruh Australia

Posted: 25 Mar 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Keahlian DPR RI menerima kunjungan penasehat dan tenaga ahli Partai Buruh Australia. Dalam pertemuan tersebut, Kepala Pusat Penelitian BK DPR RI Indra Pahlevi yang mewakili Sekretariat Jenderal dan BK DPR RI menjelaskan peran BK DPR sebagai supporting sytem Pimpinan dan Anggota DPR RI.

Indra menjelaskan, sebagai supporting system Dewan, BK DPR RI memiliki lima unit kerja yang memiliki fokus berbeda, yakni Pusat Penelitian, Pusat Kajian Akuntabilitas Keuangan Negara (PKAKN), Pusat Kajian Anggaran, Pusat Pemantauan Pelaksanaan Undang-Undang, dan Pusat Perancangan Undang-Undang.

"Supporting system di DPR merupakan badan yang independen, kami melayani semua Anggota DPR dari berbagai partai. Tugas yang dilakukan secara umum adalah menyiapkan tugas keahlian, baik kelembagaan maupun individu dari Anggota. Kami juga ikut memformulasi kebijakan penyusunan undang-undang dan Anggaran DPR," jelas Indra kepada delegasi Partai Buruh Australia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/3/2019).

Ia juga menjelaskan tahapan penyusunan UU. Pertama, perencanaan penyusunan peraturan perundang-undangan dilakukan dalam Prolegnas yang merupakan skala prioritas program pembentukan UU. Kedua, Rancangan Peraturan Perundang-Undangan dapat berasal dari eksekutif atau legislatif. "Kalau ada usul inisiatif dari DPR, Badan Keahlian bertugas untuk menyiapkan naskah akademik yang melibatkan Komisi ataupun Badan Legislasi," jelasnya.

Ketiga, pembahasan dan pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) terdiri dari dua tingkat pembahasan. Pembahasan tingkat I dilakukan oleh eksekutif bersama legislatif. Kemudian pada tingkat II, RUU yang telah disetujui bersama oleh legislatif dan eksekutif disampaikan oleh pimpinan legislatif kepada pimpinan eksekutif untuk disahkan menjadi undang-undang dalam Rapat Paripurna.

"Penyusunan undang-undang di DPR melibatkan eksekutif yaitu pemerintah. RUU bisa disahkan jika ada kesepakatan antara kedua pihak, yaitu DPR dan pemerintah. Setelah disetujui bersama, RUU dikirmkan ke Presiden untuk mendapatkan pengesahan melalui tanda tangan. Presiden diberi waktu 30 hari untuk melakukan penandatanganan. Jika lewat dari itu dan belum ditandatangani, RUU secara otomatis tetap sah menjadi UU," jelasnya.

Sementara dalam pembahasan UU, DPR RI sangat terbuka menerima masukan dari masyarakat. "Masyarakat sangat berperan dalam menyampaikan rancangan melalui Baleg atau perseorangan anggota. Mereka juga memiliki hak dalam memberikan masukan saat digelarnya RDPU," jelas Indra.

Delegasi Partai Buruh Australia itu terdiri dari Ms. Georgia Philips (Ministerial Adviser to Meegan Fitzharris MLA), Mr. Tim Dymond (Organising and Strategic Researcher Officer at Union WA), Ms. Alison Byrnes (Adviser to Sharon Bird MP), Ms. Inge Stainlay (Adviser to Justin Eliot MP), dan Mr. Elia Hallaj (Project Officer, Australian Labor International).

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Biawak Segede Komodo Muncul, Satu Kampung Geger

Posted: 25 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perkampungan di Ibu Kota baru-baru ini dibuat geger dengan kemunculan seekor hewan. Kejadian mengejutkan terjadi di perkampungan yang berada di DKI Jakarta. Bagaimana tidak mengejutkan, dari selokan tiba-tiba muncul hewan yang berukuran cukup besar.

Hewan yang muncul ialah hewan biawak dengan ukuran yang sangat besar. Menariknya, kemunculan biawak yang sangat besar itu tak membuat warga sekitar takut. Mereka justru tampak berkumpul dan menyaksikan kehadiran hewan besar itu. 

Bahkan kemunculan biawak ini membuat para warga kampung ramai berkumpul untuk menyaksikan dan mengabadikan momen aneh tersebut. Berikut kisahnya, seperti dirangkum Liputan6.com, Selasa (26/03/2019) dari akun twitter @motulz.

Video kemunculan biawak viral

Dari video tersebut terlihat jelas bahwa dari selokan keluar seekor biawak. Biawak tersebut mengagetkan warga, karena bentuknya yang sangat besar seperti komodo. Bahkan petugas berbaju oranye yang dikerahkan untuk mengamankan cukup bingung untuk memindahkan biawak ini, gara-gara ukurannya yang sangat besar.

Melihat hewan sebesar komodo ini muncul di antara perkampungan warga, akhirnya membuat banyak orang yang memvideokannya. Video kemunculan biawak tersebut langsung viral di media sosial.

Dengan gemparnya kejadian muncul biawak dari selokan, membuat warganet ramai menyaksikan video tersebut, bahkan juga ikut mengomentarinya.

Warga negara berkembang memang luar biasa berani

respon video biawak (sumber : twitter.com/motulz)

Godzila sudah muncul di Jakarta

respon video biawak (sumber : twitter.com/motulz)

Mungkin di saluran airnya ada pintu kemana saja Doraemon

respon video biawak (sumber : twitter.com/motulz)

Itulah video dan kelucuan para netizen menanggapi video viral kemunculan biawak dari selokan yang cukup menghebohkan warga DKI Jakarta bahwa warganet juga ikut merasakan kehebohannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tanda Mau Hujan Versi Netizen Ini Kocak Abis

Posted: 25 Mar 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cuaca di hampir seluruh Indonesia belakangan ini sedang tidak menentu karena sedang memasuki musim peralihan atau pancaroba dari musim hujan ke kemarau.

Namun memasuki akhir musim hujan, justru beberapa wilayah mengalami bencana alam banjir dan juga tanah longsor. Meski kamu telah melihat prakiraan cuaca, kadang itu tak bisa dijadikan sebagai patokan. Bisa jadi prakiraan cuaca cerah, tapi kenyataannya mendung atau hujan ringan. 

Tapi kamu juga bisa lo memperkirakan hujan atau tidak secara langsung. Bahkan warganet pun sempat menuliskan tanda-tanda saat mau hujan. Dijamin, tanda hujan versi netizen ini bisa membuat kamu tertawa buah kreativitas warganet.

Dilansir Liputan6.com dari akun Twitter @seterahdeh, Selasa (26/3/2019) kreativitas tanda mau hujan versi netizen ini bukan hanya bisa buat kamu terkekeh tetapi mungkin pernah kamu rasakan juga.

Berikut ini beberapa tanda mau hujan versi netizen yang kocak habis.

1. Suara hujan terdengar sudah pasti ya

Tanda mau hujan netizen (Sumber: Twitter/seterahdeh)

2. Ini nih tandanya kalau lagi di rumah

Tanda mau hujan netizen (Sumber: Twitter/adeeeengg)

3. Duh hujan membawa kenangan ya

Tanda mau hujan netizen (Sumber: Twitter/kasmaa__)

4. Biar ngga hujan nih ya

Tanda mau hujan netizen (Sumber: Twitter/fandysatriap)

5. Siapa yang sering nih?

Tanda mau hujan netizen (Sumber: Twitter/thanosyeols)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bermesin 50 Cc, Motor Terbaru Peugeot Tepergok di Jalan

Posted: 25 Mar 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Perusahaan otomotif Peugeot kabarnya siap meluncurkan motor terbaru untuk pasar otomotif India bernama Ludix. Dari sisi tampilan, skuter mungil tersebut terlihat memiliki konstruksi kompak, kuat, dan ergonomis.

Seperti dilansir Motorbeam, Selasa (26/3/2019), motor ini akan digunakan oleh perusahaan pengiriman karena dinilai cukup fleksibel. Hanya memiliki bobot 84 kilogram, skuter tersebut dinilai sangat ringan dan mudah dikendarai.

Dari sisi dapur pacu, motor pabrikan otomotif asal Prancis ini memiliki mesin kecil berpendingin udara 50 cc 4-tak, yang dipasangkan dengan transmisi CVT.

Untuk roda, Peugeot Ludix memiliki ukuran 14 inci dengan tinggi 775 mm. Menambah rasa nyaman, sistem pengereman pada skuter ditangani oleh rem cakram pada bagian depan dan rem tromol di bagian belakang.

 

Selanjutnya

Tak hanya satu model, Ludix hadir dalam berbagai varian seperti 'One', 'Snake' dan 'Blaster RS12'. Khusus model 'One', varian kursi yang digunakan ialah tunggal. Sedangkan dua lainnya memiliki kursi boncengan.

Meski sudah terlihat di jalanan, hingga saat ini belum ada informasi resmi dari perusahaan apakah motor ini akan segera memeriahkan pasar otomotif India dalam waktu dekat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Punya Koleksi Foto Low Light Bareng Best Friend? Buruan Ikutan Kontes Foto #OPPOF11ProBrilliantTeam

Posted: 25 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memotret di kondisi cahaya gelap (low light) belakangan menjadi populer di kalangan milenial. Melalui media sosial, bermunculan foto-foto low light seperti suasana perkotaan, gemerlap jalanan dengan cahaya lampu, acara musik, sunset, kuliner, dan lain-lain.

Meski begitu, memotret dalam keadaan gelap terkadang menjadi suatu tantangan tersendiri. Butuh teknik serta keahlian khusus untuk mendapatkan hasil foto yang jernih, tajam, juga dengan warna yang cemerlang.

Untungnya, kemajuan teknologi membawa kualitas kamera pada smartphone semakin canggih. OPPO F11 Pro yang baru saja launching pertengahan Maret lalu bisa memenuhi kebutuhan kamu yang hobi fotografi dan mengeksplorasi keindahan dalam gelap atau low light.

Dilengkapi dengan kamera 48 MP ultra night mode, OPPO F11 Pro mampu menawarkan hasil foto memukau meski dalam kondisi gelap. Seperti suasana perkotaan, gemerlap jalanan dengan cahaya lampu, acara musik, sunset, kuliner, dan lain-lain.

Selain kameranya yang canggih, desain OPPO F11 Pro juga tak kalah memukau. Dibungkus dengan warna Thunder Black dan Emerald Green, OPPO F11 Pro memberikan kesan yang begitu elegan lewat tampilan yang lebih nyata. Kita pun tak perlu khawatir bila OPPO F11 Pro low batt ketika sedang dipakai untuk foto-foto. Karena teknologi VOOC Flash Charging generasi 3.0 memudahkan kita untuk charge lebih cepat 20 menit dari generasi sebelumnya. Asik banget, ya?

(foto: shutterstock)

Naaah, kalau kalian punya koleksi foto low light yang kece,yuk ikutkan #OPPOF11ProBrilliantTeam Photo Competition! Kompetisi yang mengusung tema low light (minim cahaya) ini diselenggarakan oleh OPPO Indonesia dengan KLY. Ada berbagai hadiah menarik yang bisa kalian dapatkan, mulai dari hadiah travelling ke tiga kota menarik di Indonesia (Sumba, Padang, Banyuwangi), hingga voucher senilai jutaan rupiah.

Caranya mudah banget!

1. Peserta wajib follow @OPPOIndonesia & @kapanlagicom.

2. Upload foto terbaik bersama 1 orang sahabat dalam keadaan low light, gelap atau minim cahaya.

3. Pastikan partner kamu juga ikut upload dan ikutan kompetisi ini sesuai mekanisme.

4. Sertakan caption menarik, tag dan mention @OPPOindonesia dan @kapanlagicom.

5. Jangan lupa sertakan hashtag #OPPOF11ProBrilliantTeam #OPPOF11Pro.

6. Akun Instagram kamu & partner yang mengikuti kompetisi ini tidak boleh di-private.

Sudah siap memenangkan hadiah spesial? Buruan upload foto low light kamu yang paling instagramable paling lambat 14 April 2019. Info selengkapnya kunjungi link berikut ini.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Cara Memotong dan Merawat Rambut Bayi, Orang Tua Wajib Tahu

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memotong rambut bayi untuk pertama kalinya bukanlah hal yang mudah. Banyak orang tua yang masih gagap dan bingung bagaimana sebaiknya untuk memotong rambut bayi tersebut.  

Kadang banyak juga bayi yang lahir dengan sedikit rambut yang sangat tipis atau bahkan tanpa rambut sama sekali. Hal ini masih dapat dianggap normal karena nantinya rambut bayi akan tumbuh dengan sendirinya.

Terkadang hal-hal seperti posisi tidur bayi juga menentukan pertumbuhan rambut. Misalnya ada bayi yang rambutnya hanya tumbuh di bagian belakang saja. Tetapi hal ini masih wajar pada bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan.

Dengan helai yang lebih halus dan kulit kepala yang lebih sensitif, sebenarnya tidak ada perawatan yang terlalu ribet untuk merawat rambut bayi. Tentunya bagi seorang ibu harus berhati-hati dan berkonsentrasi dalam memotong rambutnya dan merawatnya. Berikut cara memotong dan merawat bayi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2019).

Cara Memotong Rambut Bayi

1. Sebelum memotong rambut bayi, pastikan semua peralatan yang dibutuhkan telah tersedia di dekatmu. Hal ini supaya kamu bisa sigap dan cepat bereaksi dalam memotong rambut si bayi nantinya. Alat-alatnya yaitu gunting rambut, pisau cukur, 2 handuk kecil yang lembut, dan air hangat secukupnya

2. Selanjutnya, jangan lupa membasahi atau mencuci rambut si bayi terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan menyemprot bagian-bagian yang akan dipotong saja. Hal ini berguna untuk membantu memudahkanmu saat memotong rambut nantinya.

3. Cari posisi yang aman dalam mencukur rambut si bayi. Pastikan bayi tertidur dengan lelap supaya tidak ada gerakan-gerakan yang nantinya dapat menyusahkan. Selain itu kamu bisa memegang kepala si bayi dengan menggunakan alas handuk yang lembut sambil mencukur rambutnya.

4. Gunting rambut bayi yang panjang terlebih dahulu. Lakukan dengan hati-hati tanpa membangunkan si bayi.

5. Setelah rambut yang panjang digunting, basahilah dengan air hangat.

6. Selanjutnya, cukur dengan pisau cukur. Kegiatan mencukur ini terhitung sebagai kegiatan yang paling membutuhkan konsentrasi dan harus penuh hati-hati. Usahakan arah gerak posisi pisau cukur vertikal ke bawah dan lakukan dengan perlahan.

7. Jika terjadi luka goresan pada kulit kepala bayi, jangan panik. Segera obati dengan cotton buds yang telah diberikan antiseptic secara perlahan.

8. Yang terakhir, bersihkan rambut yang tersisa di leher si bayi dengan sisir bulu atau bedak.

Manfaat Mencukur Rambut Bayi

Ilustrasi Gambar Bayi Tertidur (sumber: pixabay)

1. Manfaat pertama mencukur rambut bayi adalah dapat membersihkan lemak. Pada sekujur tubuh bayi banyak lemak dan kotoran yang menempel, tidak terkecuali pada rambut dan kepalanya. Dengan mencukur rambut bayi sampai habis, sisa-sisa lemak dan kotoran yang menempel pada tubuh bayi akan terbuang.

2. Untuk memudahkan dalam mengetahui bila ada masalah pada kulit kepala bayi. Jika ada infeksi pada kulit kepalanya, kamu bisa dengan mudah melihat infeksi dan juga mencegahnya agar infeksi tidak berkelanjutan.

3. Membuat si bayi lebih nyaman, terutama di bagian kepalanya. Jika rambut kepala bayi dicukur sampai habis, bayi akan merasa nyaman karena sirkulasi udara dapat mengurangi suhu panas pada kulit kepala bayi.

Merawat Rambut Bayi

Dalam merawat rambut bayi, tidak perlu hal-hal yang ribet. Asalkan kamu tetap menjaga rambut kepalanya bersih, itu sudah cukup. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat rambut si bayi, yaitu:

  • Gunakan sisir jarang dengan ujung lembut, hal ini untuk menghindari kusut dan rambut yang tertarik secara paksa sehingga menimbulkan rasa sakit saat bayi disisir.
  • Keramas 2-3 kali seminggu. Gunakan air yang hangat tapi jangan terlalu panas. Lalu, lakukan dengan lembut, Hati-hati saat mengusap kulit kepalanya karena tempurung bayi masih lunak.
  • Memakai shampoo khusus. Pastikan shampoo yang kita pakai adalah shampoo khusus bayi dan memiliki pH yang disesuaikan dengan kulit kepala bayi.
  • Tidak perlu memakai kondisioner.
  • Rutin merapikan atau mencukur rambut si bayi ketika telah dirasa panjang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Bakal Borong Pemain Amerika Selatan

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Raksasa Serie A, AC Milan, dilaporkan tengah mengawasi pemain muda Brasil Reiner. Pemain ini dianggap sebagai pewaris Lucas Paqueta.

Bintang muda Brasil U-17 adalah pemain yang sangat diperhatikan AC Milan. Ini lantaran gaya permainannya sangat mirip dengan Paqueta.

Selain itu, dua talenta Argentina, Juan Sebastian Sforza dan Matias Palacios, juga telah diusulkan agennya ke AC Milan. Meski, keduanya juga diawasi Juventus dan Genoa, yang menganggap mereka adalah bintang masa depan dari Amerika Selatan.

Bintang muda lainnya yang diperhatikan AC Milan adalah Juan Gutierrez. Banyak orang menganggap pemain ini sebagai 'Lautaro Martinez berikutnya'.

Gutierrez sudah melakukan debut di Copa Libertadores untuk klubnya Danubio.

Pemain Muda

AC Milan masih melihat Amerika Selatan sebagai basis mereka untuk talenta yang akan datang. Dan, mereka kemungkinan akan bergerak untuk banyak pemain muda muda.

Dan, mereka punya sejarah bagus dengan pemain asal Brasil. Banyak pesepakbola Brasil sukses besar di San Siro. Mulai dari Ricardo Kaka, Rivaldo, Marcos Cafu, Nelson Dida hingga Thiago Silva.

Pembenahan

AC Milan memang butuh pembenahan di musim panas nanti. Beberapa pemain baru akan coba direkrut I Rossoneri jika berhasil menembus Liga Champions musim depan.

Saat ini AC Milan berada di jalur yang tepat untuk kembali berkiprah di Liga Champions musim depan. Pasukan Gennaro Gattuso menempati urutan empat klasemen sementara Serie A.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunjangan Kinerja Pegawai BKPM Paling Tinggi Capai Rp 33,24 Juta

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah mengubah aturan terkait ada penyesuaian tunjangan kinerja pegawai di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pemerintah perlu mengganti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 Tahun 2016 tentang tunjangan kinerja pegawai di BKPM.

Atas pertimbangan itu, pada 13 Maret 2019, Presiden Joko Widodo telah teken Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2019 tentang tunjangan kinerja di BKPM.

Dalam perpres ini disebutkan, pegawai (pegawai negeri sipil maupun pegawai lainnya) di BKPM, selain diberikan penghasilan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, diberikan tunjangan kinerja setiap bulan.

"Tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud diberikan setelah mempertimbangkan penilaian reformasi birokrasi, capaian kinerja organisasi dan capaian kinerja individu," bunyi pasal 2 ayat (2) Perpres ini.

Tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud tidak diberikan kepada: a. pegawai di lingkungan BKPM yang tidak mempunyai jabatan tertentu; b. pegawai di lingkungan BKPM yang diberhentikan sementara atau dinonaktifkan.

Selain c. pegawai di lingkungan BKPM yang diberhentikan dari jabatan organiknya dengan diberikan uang tunggu dan belum diberhentikan sebagai pegawai; d. pegawai di lingkungan BKPM yang diberikan cuti di luar tanggungan negara atau dalam bebas tugas untuk menjalani masa persiapan pensiun; dan e. pegawai pada badan layanan umum.

Tunjangan kinerja setiap bulan sebagaimana dimaksud tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Presiden ini:

 

Tunjangan kinerja pegawai BKPM (Foto: Dok Setkab)Tunjangan kinerja pegawai BKPM (Foto: Dok Setkab)

Selanjutnya

"Tunjangan kinerja bagi pegawai di lingkungan Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagaimana dimaksud diberikan terhitung sejak Peraturan Presiden ini diundangkan," bunyi Pasal 5 ayat 1 Perpres ini.

Adapun Pajak Penghasilan atas tunjangan kinerja sebagaimana dimaksud, menurut Perpres ini, dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Ketentuan lebih lanjut mengenai tunjangan kinerja pegawai di lingkungan BKPM, menurut Perpres ini, diatur dengan Peraturan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

"Peraturan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan," bunyi Pasal 14 Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2019, yang telah diundangkan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly pada  13 Maret 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Solusi untuk BPJS Kesehatan, IDI Akui Sering Adakan Diskusi

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak masalah yang masih menjadi tantangan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Salah satunya soal BPJS Kesehatan.

Menanggapi hal ini, Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Dr. Daeng M. Faqih mengatakan bahwa sesungguhnya, pihak-pihak terkait bersama para stakeholder sudah sering berdiskusi mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi BPJS Kesehatan. Mulai dari defisit, skema Indonesia Case Base Groups (INA CBGs) hingga urun biaya.

"Jadi kalau kemarin ada cawapres yang mengatakan bahwa dalam 200 hari dia akan mencari akar masalah BPJS Kesehatan, lalu saya ditanya, sekarang saya sudah tahu akar masalahnya," kata Daeng dalam diskusi bertajuk "Evaluasi Kinerja BPJS Kesehatan dalam Aspek Pelayanan Pasien" yang diadakan di Menteng, Jakarta pada Senin (25/3/2019).

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Masalah Anggaran

Verifikasi digital klaim BPJS Kesehatan sudah diterapkan RSUP Dr Sardjito Yogyakarta sejak 14 Maret 2018. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Daeng mengakui bahwa memang akar masalah yang pertama adalah soal anggaran. Dia mengatakan, mereka akan terus menghitung dengan serius biaya yang mencukupi.

"Yang cukup itu yang memenuhi kualitas pelayanan yang sehat," kata Daeng menambahkan. Hal ini diakui sudah dibahas sejak lama. Namun, dibutuhkan standar pelayanan dasar yang sah untuk bisa menentukan hal ini.

"Memang sementara ini hitungannya hanya hitungan statistik, jadi dari rumah sakit swasta seperti ini lalu dari pemerintah, ditarik jalan tengahnya," kata Daeng menjelaskan. Dia menambahkan bahwa apabila dana yang diberikan cukup, apapun yang harus dilakukan bisa terasa lebih ringan. Termasuk soal permasalahan terkait industri obat-obatan.

Selain itu, adanya transisi dari pelayanan yang belum JKN ke JKN juga diakui memiliki pengaruh terhadap JKN itu sendiri.

"Ini yang mau dirubah sekarang, oleh semuanya stakeholder," kata Daeng menjelaskan. Misalnya soal Rencana Kebutuhan Obat, saat ini tidak hanya pemerintah yang harus bergerak soal ini. Pihak-pihak terkait juga ikut terlibat, khususnya dalam perhitungan.

Ke depannya, IDI bersama dengan pihak-pihak lain seperti Kementerian Kesehatan serta BPJS Kesehatan akan terus mengadakan diskusi lanjutan. Baik mengenai masalah klinis, maupun soal JKN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Wanita Tahan Kontraksi demi Ujian Kompetensi Dokter

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah seorang wanita asal Filipina ini tampaknya sangat luar biasa. Bagaimana tidak, wanita bernama Eunice Sibuyan ini rela menahan sakitnya kontraksi jelang melahirkan demi lulus ujian kompetensi dokter.

Tentunya tak banyak orang yang mampu membayangkan hal ini. Eunice bertekad untuk menjalani ujian kompetensi dokternya sambil menahan kontraksi yang sangat menyakitkan. Beruntung ujian hanya berlangsung selama 1 jam, setelahnya Eunice langsung dibawa ke rumah sakit dan melahirkan sang buah hati.

Artikel tentang kisah wanita yang rela menahan sakitnya kontraksi jelang melahirkan demi lulus ujian kompetensi dokter menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni ilustrasi bedanya tingkah kucing dan anjing saat sedang bersama pemiliknya. Sedangkan artikel ketiga terpopuler tentang parodi film Kuch-Kuch Hota Hai yang dijamin bikin kalian nostalgia.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Demi Lulus Ujian Kompetensi Dokter, Wanita Ini Tahan Sakitnya Kontraksi Jelang Melahirkan

Eunice Sibuyan dan bayi mungilnya (Sumber: Facebook)

Buah hati adalah anugerah terbesar dalam kehidupan rumah tangga. Orangtua akan melakukan segalanya untuk menjamin sang buah hati tumbuh dengan baik. Khususnya seorang ibu yang rela mempertaruhkan nyawanya demi melahirkan anak tercinta.

Pada umumnya, proses melahirkan terjadi di rumah sakit atau klinik bersalin. Namun, yang terjadi di Filipina ini sungguh mengejutkan. Dikutip Liputan6.com dari World of Buzz, Senin (25/3/2019), seorang wanita bernama Eunice Sibuyan rela menahan sakitnya kontraksi jelang melahirkan demi lulus ujian kompetensi dokter.

Selengkapnya…

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Bikin Gereget, 6 Ilustrasi Ini Tunjukkan Beda Kucing dan Anjing Saat Bareng Pemiliknya

Ilustrasi beda anjing dan kucing (Sumber: Brightside)

Memiliki hewan peliharaan tentu saja sangat menyenangkan. Bagi para pecinta hewan, binatang peliharaan yang cukup banyak dimiliki ialah anjing dan juga kucing. Selain itu, dengan memiliki hewan peliharaan kamu termasuk orang yang perhatian. Karena tentu saja, jika memelihara binatang, kamu butuh perhatian khusus.

Namun perlakuan saat memelihara kucing dan anjing berbeda. Bukan hanya perlakuan kamu saja yang membuat mereka berbeda. Akan tetapi kelakuan dari anjing dan kucing juga berbeda. Bahkan dilansir Liputan6.com dari Brightside, Senin (25/3/2019), ada pula ilustrasi yang menunjukkan bedanya kehidupan kedua hewan ini saat bersama pemiliknya.

Selengkapnya…

3. Kocak Parah, Parodi Adegan Film Kuch Kuch Hota Hai Ini Bikin Auto Nostalgia

Film Kuch Kuch Hota Hai. Foto: via thequint.com

Masyarakat Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan film-film India atau Bollywood. Film Bollywood kerap kali menghiasai layar kaca televisi nasional. Walaupun kini hanya beberapa saja yang masih menayangkan, namun banyak film India yang menjadi favorit tontonan banyak kalangan.

Bagi anak 90-an tentu pernah menonton film India paling legendaris yaitu Kuch Kuch Hota Hai. Film India yang pertama kali ditayangkan pada tahun 1998 ini menjadi film India terlaris. Kuch Kuch Hota Hai yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan, Kajol dan Rani Mukerji menjadi film India yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Selengkapnya…

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Xiaomi Mi A3 Akan Hadir dengan Pemindai Sidik Jari di Layar

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi dilaporkan sudah mulai mengembangkan penerus Mi A2. Perusahaan asal Tiongkok itu disebut-sebut tengah menyiapkan dua model Mi A3.

Informasi ini diketahui dari laporan XDA Developers beberapa waktu. Dari laporan itu diketahui bahwa ada tiga model smartphone Xiaomi anyar yang akan menggunakan pemindai sidik jari di layar.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (26/3/2019), dua dari tiga model itu merupakan perangkat Android One. Karenanya, besar kemungkinan smartphone tersebut merupakan Xiaomi Mi A3 dan Mi A3 Lite.

Adapun satu model lain itu disebut merupakan versi Tiongkok dari Mi A3. Ketiga model smartphone itu juga sudah memiliki kode nama, yakni pyxis, bamboo_sprout, dan cosmos sprout.

Sekadar informasi, teknologi pemindai sidik jari di layar memang sudah bukan barang mahal. Sejumlah perusahaan Tiongkok lain, seperti Oppo dan Vivo, sudah pernah merilis fitur ini di perangkat besutannya.

Untuk saat ini, Xiaomi sendiri sudah menyematkan pemindai sidik jari di layar untuk model Mi 8 dan Mi 9. Karenanya, tidak tertutup kemungkinan perusahaan berencana membawanya ke model yang lebih terjangkau.

Redmi Note 7 Resmi Melenggang di Indonesia

Redmi Note 7. Liputan6.com/Agustinus Mario Damar

Redmi Note 7 akhirnya resmi dirilis untuk pasar Indonesia. Kehadiran smartphone perdana Redmi di Tanah Air ini memang sudah sempat diungkap beberapa kali di akun Twitter resmi Xiaomi.

"Seri Redmi Note memimpin segmen smartphone kelas menengah di Indonesia dan kami akan terus meningkatkannya, melalui Redmi Note 7," tutur Country Head Xiaomi Indonesia, Steven Shi, saat peluncuran Redmi Note 7 di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Secara desain, smartphone ini mengusung layar dot drop atau notch setengah lingkaran. Hadir dengan layar berukuran 6,3 inci, Redmi Note 7 sudah dibekali Corning Gorilla Glass 5 dan pilihan warna gradien untuk bodi belakang.

Ada tiga pilihan warna smartphone yang disediakan untuk konsumen di Indonesia, yakni Space Black, Neptune Blue, dan Nebula Red. Redmi Note 7ini menjalankan Android 9 Pie dengan balutan tampilan antarmuka MIUI 10.

Spesifikasi Redmi Note 7

Peluncuran Redmi Note 7 di Jakarta, Kamis (21/3/2019). Liputan6.com/ Agustinus M. Damar

Untuk spesifikasi, kinerja Redmi Note 7 didukung dengan chipset Snapdragon 660. Perangkat ini ditopang dengan baterai 4.000mAh yang sudah mendukung fitur fast charge dengan port USB type C.

Redmi Note 7 memiliki kamera belakang ganda yang masing-masing beresolusi 48MP f/1.8 dan 5MP untuk mengambil depth of field atau latar bokeh. Sementara kemampuan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 13MP.

Lantas berapa harga Redmi Note 7? Smartphone ini akan mulai tersedia pada 27 Maret 2019 di Lazada dan toko resmi Xioami dengan harga Rp 1.999.000 (RAM 3GB/ROM 32GB) dan Rp 2.599.000 (RAM 4GB/ROM 64GB).

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kecelakaan Maut di Jalan Lintas Sumatera, 5 Tewas

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kecelakaan maut terjadi di jalan lintas Sumatera. Kecelakaan menyebabkan 5 orang tewas, sementara sopir minibus dirawat di rumah sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik Mendulang Emas, 6 Wisman Tiongkok Ditangkap

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo - Petugas Imigrasi Kelas I TPI Gorontalo pada Senin, (25/3/2019) berhasil menangkap 6 orang WNA Tiongkok. Mereka ditangkap saat sedang asyik mendulang emas di wilayah pertambangan ilegal Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Gorontalo, Agus Subandriyo kepada Liputan6.com mengatakan, pihaknya telah lama mengetahui kedatangan 6 warga Tiongkok tersebut. Sejak saati itu juga emenkumham telah mengintai aktivitas mereka.

"Berkat kerja sama petugas imigrasi, keenam WNA ini kami berhasil kami amankan dengan sejumlah barang bukti diantaranya paspor yang hanya visa kunjungan," kata Agus, Senin malam (25/3/2019).

 

Selain mengamankan paspor milik keenam WNA Tiongkok itu, petugas juga berhasil menyita beberapa barang bukti berupa alat tambang pendulang emas. Alat itulah yang digunakan keenam warga tiongkok itu untuk mencari emas di lokasi pertambangan yang belum mempunyai izin itu. 

"WNA ini berhasil diamankan dilokasi tambang ilegal, makanya kami berhasil amankan alat-alat pertambangan bukti sementara mereka gunakan," lanjut Agus.

Saat ini keenam WNA Tiongkok itu masih ditahan dan akan menjalani pemeriksaan lanjutan. "Untuk hukuman mereka itu tergantung hasil penyelidikan apakah mereka mendapatkan hukuman deportasi atau lainnya itu masih kami dalami," dia memungkasi.

Saksikan video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Keluarga Ngotot Polisikan Sahabat Salmafina Sunan

Posted: 25 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, putri pengacara Sunan Kalijaga, Salmafina Sunan, diduga mabuk. Hal ini diketahui dari sebuah video yang diunggah oleh teman Salmafina Sunan, Maulida, di Instagram Stories.

Kasus ini membuat keluarga Salmafina Sunan merasa tercoreng nama baiknya. Bahkan, ibunda Salmafina, Heidi Sunan, syok berat saat video itu tersebar luas di media sosial.

"Itu istri saya syok berat usai adanya viral video itu, syok berat, lalu ya nangis, kondisinya memprihatinkan saat itu," kata Sunan Kalijaga saat ditemui di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).

Karena tak terima, ibunda Salmafina meminta untuk melaporkan ke Maulida, ke polisi. Pihak yang berwajib pun sudah diundang oleh Sunan Kalijaga ke rumahnya untuk memproses kasus ini.

Kebetulan di kediamannya itu, tepatnya pekan lalu, Sunan Kalijaga mempertemukan anaknya dengan Maulida untuk memberi penjelasan, seperti apa runut masalahnya.

"Istri saya, bilang orangnya diproses secara hukum saja makanya malam itu saya panggil polisi. Memang jadi malam itu klarifikasi dan panggil polisi untuk persiapan membawa mereka ke kantor polisi," jelasnya.

Namun karena teman Salmafina Sunan ingin menyelesaikannya secara kekeluargaan, maka kasus ini tak jadi diusut. Maulida bersedia membuat video permintaan maaf secara terbuka.

Tapi perdamaian itu tak berlangsung lama. Maulida dianggap kembali melakukan tindakan yang menyulut emosi keluarga Salmafina Sunan.

Dikomplain

Salmafina Sunan (Foto: Instagram)

"Terus saya posting permintaan maaf itu atas persetujuan semua sepakat, tiba-tiba dia kayak komplain di postingan saya. Tanya 'Kenapa cuma saya sendiri yang lain enggak,' saya bilang kan pelakunya kamu, yang rekam kamu, yang upload kamu, sehingga menjadi viral kenapa yang tak terlibat harus posting," papar Sunan Kalijaga.

Efek Jera

Salmafina Sunan (Foto: Instagram)

Dan kasus ini akhirnya dipolisikan atas permintaan ibunda Salmafina Sunan. Dengan dilaporkannya ke pihak berwajib, maka diharap akan menimbulkan efek jera bagi pelaku.

"Dia bersikeras gitu, istri saya lihat, istri saya bilang sudah laporkan saja. Saya rasa malam itu mungkin belum dari hati maafnya, masih menganggap ini hal yang biasa tidak memalukan Salma dan keluarganya, maka hari itu kami laporkan," terang sang pengacara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendaftaran UTBK Gel II Resmi Dibuka, Kesempatan Terakhir Jalur SBMPTN 2019

Posted: 25 Mar 2019 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK Gelombang II resmi dibuka. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) kembali membuka pendaftaran UTBK gelombang II pada Senin (25/3/2019) pukul 10.00 WIB.

Peserta diharapkan segera mendaftar karena pendaftaran UTBK gelombang II akan ditutup pada Senin (1/4/2019). Artinya peserta UTBK gelombang II hanya memiliki tenggang waktu selama satu minggu. Berbeda dengan UTBK gelombang I, yang pendaftarannya dibuka selama tiga minggu yakni mulai Jumat (1/3/2019) hingga Minggu (24/3/2019).

 UTBK ditujukan bagi peserta yang tidak lolos SNMPTN 2019. Selain itu, UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017, 2018 serta lulusan paket C tahun 2017, 2018, dan 2019.

Ini adalah kesempatan terakhir untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur SBMPTN 2019. Pelaksanaan UTBK digelar setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

UTBK dilaksanakan dalam dua sesi, pagi dan siang. Bagi peserta Tuna Netra waktu ujian UTBK yang tersedia hanya pada tanggal 04 Mei 2019 Pagi (07.30-11.45) pada ruang khusus.

Persyaratan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019

Tidak ada yang beda dengan cara mendaftar pada UTBK gelombang I. Bedanya hanya pada link pendaftaran.

Jika UTBK gelombang I peserta diminta login di pendaftaran-utbk-ltmpt.ac.id, untuk gelombang II ini pendaftar harus login di pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id. Berikut alur lengkap pendaftaran UTBK yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/3/2019).

1. Melakukan pendaftaran pada laman pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id menggunakan NISN dan NPSN untuk mendapatkan username dan password.

2. Mengisi biodata (kecuali peserta yang sudah terdaftar di SNMPTN 2019).

3. Memilih PTN dan program studi dengan ketentuan bahwa pendaftar dapat memilih paling banyak dua PTN, dan memilih paling banyak dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN

Persyaratan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019

4. Mengunggah portofolio bagi pendaftar yang memilih program studi bidang seni dan olahraga. Tata cara pengisian portofolio dapat diunduh dari laman download.sbmptn.ac.id

Jenis Portofolio SBMPTN 2019 adalah:

·         Portofolio Olahraga

·         Portofolio Seni Rupa, Desain, dan Kriya

·         Portofolio Tari (termasuk Sendratasik opsi Tari)

·         Portofolio Teater (termasuk Sendratasik opsi Teater/Drama)

·         Portofolio Musik (termasuk Sendratasik opsi Musik)

·         Portofolio Seni Karawitan

·         Portofolio Etnomusikologi

·         Portofolio Fotografi

·         Portofolio Film dan Televisi

·         Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan

5. Mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

6. Program studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok Saintek dan kelompok Soshum. Peserta dapat memilih program studi paling banyak dua program studi dengan ketentuan sebagai berikut:

· Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Saintek, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek.

· Jika program studi yang dipilih semuanya dari kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Soshum.

· Jika program studi yang dipilih dari kelompok Saintek dan kelompok Soshum, peserta mengikuti kelompok ujian Saintek dan juga kelompok ujian Soshum

· Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.

· Peserta SBMPTN 2019 dapat memilih program studi di PTN mana pun.

Program studi, daya tampung per PTN tahun 2019, dan jumlah peminat program studi per-PTN tahun 2019 dapat dilihat di laman sbmptn.ltmpt.ac.id

Persyaratan Pendaftaran UTBK SBMPTN 2019

7. Membayar di Bank Mitra menggunakan slip pembayaran kecuali bagi pendaftar Bidikmisi. Pembayaran harus dilakukan paling lambat 1 x 24 jam. Sementara itu biaya yang dibutuhkan untuk mendaftar UTBK sebesar Rp 200.000 setiap mengikuti tes.

8. Melakukan login ke laman pendaftaran di pendaftaran-utbk-2.ltmpt.ac.id untuk mencetak kartu peserta UTBK

9. Mengikuti UTBK sesuai hari, tanggal, sesi, dan lokasi Pusat UTBK PTN yang dipilih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indra Sjafri Siap Rotasi untuk Laga Timnas Indonesia U-23 Kontra Brunei

Posted: 25 Mar 2019 08:55 PM PDT

Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri, menegaskan akan melakukan banyak rotasi ketika menghadapi Brunei Darussalam di laga terakhir Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2019).

"Ya pasti banyak rotasi di pertandingan ini. Yang jelas kami memastikan pemain yang kami pilih memiliki kemampuan yang sama, oleh karena itu kami akan mencoba pemain-pemain yang belum bermain," ujar Indra Sjafri.

Timnas Indonesia U-23 sudah dipastikan tidak bisa melangkah ke Piala AFC U-23 2020. Namun, Asnawi Mangkualam dkk. masih harus menjalani laga terakhir kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan menghadapi Brunei Darussalam.

Sejumlah pemain yang belum mendapatkan kesempatan bermain akan mendapatkan menit bermain dalam pertandingan ini.

"Kami melakukan persiapan dengan skema yang akan dibuat oleh Brunei. Kami melakukan antisipasi dengan melihat dua pertandingan mereka, di mana mereka kerap melakukan pertahanan yang dalam. Kami mencari cara membongkar pertahanan tersebut. Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-23 dan Brunei Darusssalam saat ini sama-sama belum mengoleksi satu poin pun setelah menjalani dua pertandingan pertama.

 

Kebobolan 14 Gol

Kedua tim juga tercatat belum satu kali pun mencetak gol di kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Namun, bicara soal pertandingan masing-masing tim, Tim Garuda Muda tercatat hanya kebobolan lima gol, sementara Brunei Darussalam sudah kebobolan 14 gol.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Ketahui Siapa Saja yang Blokir Akun Instagrammu, Mudah dan Cepat

Posted: 25 Mar 2019 08:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan saat ini. Media sosial ini memfokuskan pengguna untuk berbagi dan melihat foto dan video. Instagram selalu menghadirkan fitur-fitur yang gunanya untuk memberikan kenyamanan bagi para penggunanya. Menjadi salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan, Instagram turut memberikan fitur untuk menjaga privasi bagi penggunanya.

Karena semakin banyaknya pengguna Instagram, tak jarang pengguna Instagram jadi sangat memperhatikan privasi akunnya. Tidak sedikit pengguna lebih memilih mengamankan akun Instagram dengan cara mengunci akun atau opsi privat. Hal ini berguna untuk saat ada orang yang belum berteman dengan Anda di Instagram, maka orang tersebut tidak dapat melihat semua postingan baik foto, video maupun Instastroy kecuali orang tersebut sudah mem-follow dan berhasil diterima atau di-approve untuk mengikutinya.

Selain fitur opsi privasi, ada juga opsi lainnya yaitu fitur blokir. Fitur ini bisa Anda gunakan untuk memblokir akun atau orang yang memang tidak ingin Anda lihat di Instagram. Nah, di Instagram tidak ada jumlah batasan berapa banyak akun yang bisa diblokir. Jadi, Anda bebas blokir akun siapa saja dan berapa pun jumlah pengguna yang ingin Anda blokir.

Jika Anda berada di posisi sebagai orang yang telah diblokir oleh pengguna lain di Instagram, maka tentunya Anda ingin mengetahui atau memastikannya bukan? Dengan mencari tahu siapa yang telah memblokir Anda di Instagram, setidaknya Anda bisa mengklarifikasi penyebab dan alasan yang dilakukan oleh orang yang telah memblokir Instagram Anda.

Nah, kali ini Liputan6.com, Selasa (26/3/2019) mengulas tentang bagaimana cara mengetahui siapa saja yang telah memblokir akun Instagram Anda sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Ciri-ciri Akun Instagram Diblokir oleh Pengguna Lain

Ilustrasi konten Instagram. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Akun Orang Tersebut Tidak Ditemukan

Salah satu tanda kalau akun Anda diblokir adalah dengan tidak ditemukannya akun orang yang ingin Anda cari. Ya, ciri-ciri ini bisa mengisyaratkan kalau akun Anda sudah diblokir dari pengguna lain.

Biasanya, jika Anda ingin mencari teman cukup dengan mengetikkan nama atau nama akun pengguna di kolom pencarian, maka akan langsung muncul profilnya. Namun kalau Anda sudah melakukan hal tersebut, namun akun juga tidak dapat ditemukan, maka bisa diartikan Anda telah diblokir.

Profil yang Memblokir Anda Tidak Terlihat

Untuk lebih memastikannya lagi, coba untuk membuka akun atau profil yang ingin Anda cari. Jika orang tersebut telah memblokir Anda, maka foto-foto yang telah diposting sebelumnya tidak akan bisa Anda lihat. Selain itu, Anda juga tidak bisa melihat follower dan following akun tersebut, bahkan untuk memfollownya sudah tidak bisa Anda lakukan.

Tidak Bisa Kirim Pesan di Direct Message

Cara lain untuk memastikan akun Anda diblokir adalah dengan mengirimkan direct message. Kalau Anda tidak bisa mengirimkan pesan ke direct message ke akun orang yang ingin dituju, bisa dipastikan akun Anda sudah diblokir.

Tidak Bisa Beri Komentar

Cara untuk memastikan yang lainnya adalah Anda tidak bisa memberikan komentar pada post foto atau video orang tersebut. Namun cara ini belum bisa sangat memastikan, karena Instagram mempunyai fitur dimana pengguna lain tidak dapat memberikan komentara atau kolom komentar sudah dimatikan dalam post-nya.

Cara Mengetahui Siapa yang Memblokir Akun Instagram Anda

Ilustrasi Instagram. (Foto: Pixabay)

Ciri-ciri di atas tadi belum benar-benar bisa memastikan kalau akun Instagram Anda diblokir atau tidak. Soalnya ada kemungkinan lain, yaitu akun orang tersebut memang sedang menutup akun sementara, permanen, atau bahkan memang akun Anda telah diblokir.

Tidak ada cara legal yang bisa mengetahui apakah orang tersebut telah memblokir akun Anda. Namun ada beberapa cara dan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda gunakan untuk memastikan masalah ini.

Pertama, Anda bisa mencoba membuat akun Instagram baru, Kemudian cukup gunakan kolom 'Search' dengan memasukkan username atau nama lengkap di 'Search Bar'. Kalau cara tersebut berhasil menunjukkan profil akun orang tersebut, maka sudah pasti akun Anda telah diblokir oleh orang tersebut.

Kedua, Anda bisa menggunakan aplikasi InstaFollow yang bisa membantu mengelola akun Instagram dan melacak pengikut Anda. Di aplikasi ini, Anda bisa mengetahui siapa saja yang telah berhenti mengikuti Anda.

Sementara itu, StatusBrew memungkinkan Anda untuk mengelola dengan mudah pada banyak akun media sosial. Untuk mengetagui siapa saja yang telah memblikir Anda di Instagram, Anda perlu mengikuti langkah-langkah ini.

- Login menggunakan akun Instagram Anda.

- Klik pada akun Instagram Anda.

- Akun Anda akan disinkronkan ke StatusBrew saat masuk.

- Saat akun Instagram dimuat, klik pada tab 'New Unfollowers'. Nah, daftar ini akan menampilkan semua unfollowers Anda.

- Orang yang memblokir Anda di Instgaram akan menolak, jadi kemudian harus menuju ke aplikasi Instagram Anda dan mencari nama orang-orang yang telah menghalangi Anda dari daftar.

- Jika Anda tidak dapat menemukan profil mereka, jelas berarti mereka telah memblokir Anda.

Nah, itu tadi cara mengetahui siapa saja yang telah memblokir akun Instagrammu. Mudah bukan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Photo Fiesta 2019, Omzet Pedagang Naik 70%

Posted: 25 Mar 2019 08:46 PM PDT

Liputan6.com, Batam Photo Fiesta 2019 memiliki dampak yang sangat signifikan. Omzet para pedagang naik hingga 70%. Hal ini dinikmati 2 destinasi di Batam. Yaitu Kampung Terih dan Tanjung Uma, Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

General Manager Batam View Beach Resort Anddy Fong mengatakan, masyarakat menikmati langsung aktivitas pariwisata ini.

"Photo Fiesta 2019 ini bagus bagi pariwisata Batam secara umum. Aktivitasnya juga dirasakan langsung oleh masyarakat, khususnya Kampung Terih dan Tanjung Uma. Mereka mendapatkan keuntungan dari transaksi makanan dan minuman," kata Anddy, Sabtu (23/3).

Photo Fiesta 2019 diikuti oleh 109 peserta. Menariknya, para peserta membawa serta keluarganya dengan jumlah sekitar 50 orang. Mereka memiliki paspor beragam. Ada peserta Singapura, Malaysia, Tiongkok, India, Filipina, Myanmar, dan Jepang. Ada juga dari Inggris Raya, Ukraina, dan Amerika Serikat.

Berada 2 jam di Kampung Terih, kehadiran peserta Photo Fiesta 2019 menaikan pendapatan masyarakat. Ketua Kelompok Nelayan Trikindo Jaya Lestari Kampung Terih Saidar menjelakan, Photo Fiesta 2019 memberi kenaikan omset hingga 70%.

"Event Photo Fiesta memberi pengaruh ekonomi yang besar. Kenaikan penjualan sekitar 70%. Kami menjual makanan dan minuman. Wisatawan asal Malaysia dan Singapura rata-rata suka dengan kuliner khas di sini," kata Saidar.

Memberi nuansa khas Kampung Terih, kuliner Ketam Rinjung ditawarkan. Varian penyajiannya dengan saos dan goreng tepung. Ada juga menu Ketam Bokop dengan bahan baku kepiting bakau. Kuliner ini ditawarkan dalam varian asam pedas, masakan lada hitam, dan saos. Menu terbaik tersebut dibanderol Rp5 Ribu hingga Rp30 Ribu.

"Photo Fiesta 2019 sangat bagus bagi branding Kampung Terih secara menyeluruh. Potensi kuliner di sini ikut naik. Event ini memang memberikan lonjakan pendapatan. Sebab, arus wisman cukup besar ke Kampung Terih. Apalagi, setelah foto-foto dari destinasi ini dipublikasikan luas melalui media sosial," terang Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani.

Kenikmatan kuliner ini sudah terdengar hingga wilayah lain. Setiap harinya Ketam Rijung dan Ketam Bokop dipesan hingga 80 porsi. Distribusi wilayahnya mencapai Sekupang hingga Tanjung Pinang. Ada juga permintaan dari Jakarta hingga Singapura dan Malaysia. Untuk pemesanan bisa melalui Instagram dan Facebook, Lindawati, atau telepon di nomor +6282171799322.

"Ada banyak aktivitas bisnis yang diterima oleh masyarakat dari event Photo Fiesta 2019 ini. Kehadiran para wisman mempercepat perputaran uang di destinasi yang kunjungi. Kondisi ini makin menegaskan posisi pariwisata yang bisa dinikmati oleh seluruh masyarakat," kata Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Pedagang lainnya, Murniati, mengutarakan hal serupa. Lapaknya di Kampung Terih mendapatkan penghasilan Rp300 Ribu. Kuliner andalannya adalah rajungan goreng, rajungan saos, dan laksa goreng.

Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang memaparkan, Photo Fiesta 2019 sangat kompetitif.

"Secara bisnis Photo Fiesta 2019 sangat kompetitif. Setiap destinasi yang didatangi relatif singkat, namun efek postif yang ditimbulkannya sangat besar. Perekonomian masyarakat di sana ikut terdorong secara signifikan," papar Trindiana. Apresiasi diberikan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar menjelaskan, potensi slot peserta Photo Fiesta bisa diperbesar.

"Pengaruh ekonomi bagi masyarakat akan maksimal bila peserta ditambah. Dengan beragam tawaran keunikan, kami yakin jumlah peserta tahun depan akan naik. Artinya, menjadi garansi ekonomi yang menjanjikan," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Telkom Sediakan WiFi Gratis di 514 Kota

Posted: 25 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masih dalam rangkaian kegiatan ulang tahun Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke -21, kali ini Menteri BUMN Rini M. Soemarno hadir dalam acara The Next IndiHome yang dilaksanakan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) di Jakarta pada Senin 25 Maret 2019.

Acara ini merupakan apresiasi yang diberikan Telkom atas pencapaian 5,5 juta IndiHome yang layanannya dinikmati oleh hampir 30 juta masyarakat Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Telkom juga memperkenalkan brand aset IndiHome yang baru, di antaranya brand ambassador, jingle, TV commercial dan digital movement #WujudkanDariRumah.

Hal ini jadi dukungan Telkom sebagai BUMN penyedia jasa telekomunikasi kepada pemerintah dalam pembangunan broadband di seluruh Indonesia dengan mengkomunikasikan inovasi-inovasi baru yang mendukung percepatan terwujudnya digital ekonomi serta mendukung kemajuan masyarakat Indonesia.

Rini menyambut baik inovasi-inovasi yang telah dilakukan Telkom Indonesia terutama dalam mendukung kemajuan telekomunikasi di Tanah Air. 

"Apresiasi saya kepada Telkom yang telah mendukung program pemerintah dalam pembangunan infrastruktur broadband di seluruh Indonesia, terutama dalam rangka terus meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Oleh karenanya, dalam rangka hari ulang tahun Kementerian BUMN ,saya pun terus mendorong BUMN-BUMN untuk terus berbagi kepada masyarakat, karena kita tidak semata-mata hanya mengejar keuntungan, tetapi juga berbagi kepada masyarakat," ungkap Rini dalam keterangan tertulis, Selasa (26/3/2019).

 

Selanjutnya

Hingga saat ini, tercatat sebanyak 514 kabupaten/kota dari Aceh hingga Papua sudah tercover jaringan broadband dan Telkom menyediakan wifi gratis di wilayah tersebut. 

Tidak hanya itu, memasuki fase baru IndiHome, terdapat berbagai berapa promo menarik sebagai bentuk terima kasih bagi masyarakat Indonesia atas dukungannya terhadap IndiHome selama ini.

Rangkaian program diskon disiapkan promo diskon upgrade layanan, promo diskon pembelian minipack IndiHome, extra poin untuk pelanggan yang mengunduh aplikasi IndiHome dan melakukan pembayaran melalui LinkAja serta open all channel IndiHome yang akan berlangsung dari 25 Maret-30 April 2019 dan di tutup dengan program pemberian hadiah. 

Hadiah pemenang video/foto terbaik dari movement #WujudkanDariRumah bersama IndiHome dan IndiHome untuk Indonesia berupa umroh, tour ke studio Fox Hongkong, Bali, dan lain-lain.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: