Jumat, 22 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Striker MU Petik Pelajaran Berharga dari Ibrahimovic

Posted: 22 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Striker Manchester United (MU), Romelu Lukaku, mengaku banyak memetik pelajaran berharga dari mantan rekannya di OId Trafford, Zlatan Ibrahimovic.

Lukaku dan Ibra sempat main bareng di MU pada musim 2017/2018. Keduanya pun memperebutkan posisi di tim utama Setan Merah.

Meski bersaing, namun keduanya cukup akrab di MU dan sering berbagi cerita.

"Semua yang aku pelajari dari Ibrahimovic sangat bagus, dari kisahnya yang dia ceritakan ketika dia di Inter, AC Milan, Barcelona dan bahkan Ajax Amsterdam. Untuk berada di lapangan bekerja dengannya, melihat betapa kompetitifnya dia, itu semua luar biasa," kata Lukaku di Soccerway.

 

 

Sering Berduel

(Martin Rickett /PA via AP)

Lukaku menjelaskan, dirinya juga sering beradu fisik dengan Ibra di sesi latihan.

"Aku ingat satu sesi latihan, karena kami berdua striker, kami tidak pernah berada di tim yang sama dan, pada satu titik, ada duel 50/50 dan dia terus menyerangku."

"Saat itulah aku tahu orang ini ingin bersaing dan ingin memperjuangkan tempatnya. Itu sebabnya dia mengubahku. Dia membuka mataku. Seorang pemain harus berjuang untuk berada di posisi di mana dia berada."

"Jadi, aku belajar untuk fokus, bekerja keras dan menikmatinya juga. Ibrahimovic adalah pria yang bisa membuat Anda bersenang-senang dan bisa memiliki kepribadiannya di ruang ganti itu bagus," Lukaku menambahkan.

Statistik Lukaku

Musim ini, Lukaku sudah membela MU dalam 38 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga menyumbangkan 15 gol dan empat assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Naik Rp 4.000 per Gram

Posted: 22 Mar 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk atau emas Antam naik Rp 4.000 menjadi Rp 667.000 per gram pada perdagangan Sabtu (23/3/2019). Pada Jumat kemarin, harga emas Antam berada di angka Rp 663.000 per gram.

Harga buyback emas Antam juga naik Rp 3.000 menjadi Rp 594 ribu per gram. Harga buybackini adalah jika Anda menjual emas, Antam akan membelinya di harga Rp 594 ribu per gram.

Adapun Antam menjual emas dengan ukuran mulai 0,5 gram hingga 1.000 gram. Hingga pukul 08.09 WIB, sebagian ukuran emas Antam masih tersedia.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Sementara, di gerai penjualan emas Antam lain bisa berbeda.

Sementara untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.910.000. Adapun, ukuran 20 gram di angka Rp 13.270.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Rincian Harga Emas Antam

Pegawai menunjukan emas batangan di Jakarta, Senin (10/10). Di awal pekan ini, harga emas PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) tetap bertahan di Rp 599 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

* Pecahan 0,5 gram Rp 358.000

* Pecahan 1 gram Rp 667.000

* Pecahan 2 gram Rp 1.283.000

* Pecahan 3 gram Rp 1.903.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.155.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.245.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.505.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.935.000

* Pecahan 100 gram Rp 61.800.000

* Pecahan 250 gram Rp 154.250.000

* Pecahan 500 gram Rp 308.300.000

* Pecahan 1.000 gram Rp 616.600.000.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eden Hazard Sepakat Gabung Real Madrid?

Posted: 22 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Berita mengejutkan datang dari Real Madrid. Klub asal ibu kota Spanyol itu dikabarkan sudah sepakat untuk merekrut Eden Hazard musim depan.

Hazard dikabarkan telah menyepakati kontrak jangka panjang dengan Real Madrid.Seperti pucuk dinanti ulam pun tiba, harapan Madrid untuk merekrut Hazard akhirnya tercapai.

Sejak musim lalu, Hazard gencar dikaitkan dengan Real Madrid. Pemain internasional Belgia itu sempat ingin hengkang pada musim panas lalu.

Namun,manajer Maurizio Sarri bisa merayunya untuk bertahan. Kii,rayuan itu sudah tak mempan lagi untuk menahan keinginan Hazard untuk hengkang.

 

 

Kesepakatan Madrid-Hazard

Eden Hazard merapat ke Real Madrid (AFP/Giuseppe Cacace)

Dilansir Sport, Madrid diklaim sudah menjalin kesepakatan dengan Hazard. Kabarnya pemain 28 tahun itu mendapat kontrak selama lima tahun dengan nilai gaji mencapai 14 juta poundsterling per tahun.

Meski demikian, proses kepindahan Hazard belum rampung begitu saja. Madrid masih harus mampu meluluhkan hati Chelsea agar mau menyepakati transfer ini.

Chelsea sendiri masih keberatan melepas Hazard pada musim panas nanti karena mereka terkena hukuman larangan merekrut pemain dari FIFA.

Peluang Besar

Namun di sisi lain, Chelsea kabarnya akan segera melunak dengan membiarkan Hazard pergi ke Madrid dengan biaya transfer di kisaran 100 juta poundsterling.

Chelsea bisa jadi bakal lebih melepas Hazard pada musim panas ini untuk mendapat dana segar, ketimbang harus merelakan eks pemain Lille itu pergi secara gratis pada tahun depan.

Pasalnya, kontrak Hazard bersama Chelsea akan berakhir pada penghujung musim 2019/20 mendatang dan Hazard selalu menolak untuk menandatangani perpanjangan kontrak.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wawancara Eksklusif: Kartika Affandi, Anak Maestro Lukis Affandi

Posted: 22 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Affandi tentu bukanlah bunyi asing di telinga banyak orang. Bagaimana tidak, gaung karya sang maestro lukis tak hanya terdengar di dalam negeri, namun sampai ke kancah dunia. Bakat lukis Affandi pun menurun pada salah seorang anak perempuannya, Kartika Affandi.

Pada Rabu, 20 Maret 2019, Liputan6.com berkesempatan melakukan wawancara khusus dengan anak maestro lukis tersebut. Ternyata, di usia yang sudah menginjak 80 tahun, Kartika masih melakukan banyak aktivitas.

"Mami punya tanggung jawab surat-menyurat di Museum Affandi dalam dan luar negeri. Itu (dilakukan) supaya mami tidak pikun," ungkapnya di sela acara kampanye "Move Right" di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu, 20 maret 2019.

Kartika juga masih aktif melukis hingga kini. Tak membatasi diri, ia menggambar di ragam media selain kanvas seperti gerabah, bahkan kursi roda. Ia menyayangkan, di zaman makin canggih, banyak orang menggambar dengan alat elektronik.

"Anak zaman sekarang kadang-kadang disuruh bikin drawing itu nggak bisa karena sudah biasa dengan elektronik. Membuat drawing dengan elektronik. Disuruh menggambar right on the spot ini tidak mungkin. Tidak bisa," sesal Kartika Affandi.

Di samping dunia lukis, Kartika pun gemar menonton film lawas luar negeri. Ia menyukai film buatan asing karena kualitas lakon yang dinilai sangat baik. Demi menjalani kegemaran satu ini, ia mengaku sanggup tidur pukul 01.30.

"Kalau laki-laki, mungkin jagoanku itu Marlon Brando. Filmnya sudah tidak ada lagi. Yang sedikit agak konyol ya boleh. Seperti Antonio Banderas. Lucu saja gitu," kata nenek yang kerap dipanggil mami itu.

Dari kursi roda, Kartika menceritakan bahwa ia masih melakukan segala sesuatunya sendiri, mulai dari berdandan, hingga bantu mengatur pekarangan rumah. Pergi ke luar rumah maupun luar kota saat akhir pekan pun masih tetap dilakukan.

Kartika juga aktif melakukan kegiatan amal. Ia kerap membantu anak-anak down syndome. Perempuan yang kerap berpenampilan colorful ini sempat bertutur soal asa membuka panti jompo khusus perempuan.

"Dari panti jompo itu kita saling sharing, kita mau apa. Mau menggambar, mau mematung, mau sastra, mau menyanyi, mau menari, kenapa tidak? Untuk mengisi waktu, bukan untuk dipertunjukan," tandas putri sang maestro lukis, Affandi (Fairuz Fildzah)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tempat Pembuangan Sampah Ilegal Ditemukan, Luasnya Bikin Geleng Kepala

Posted: 22 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini kampanye mengenai sampah plastik sedang digaungkan oleh banyak kalangan, mulai dari aktivis lingkungan hingga instansi pemerintahan. Bahkan kini sudah banyak pula restoran makan cepat saji yang tidak menyajikan sedotan plastik sebagai salah satu bentuk dukungan. Sampah plastik sendiri memang tidak bisa terurai dalam waktu singkat. Untuk itulah kampanye mengurangi penggunaan plastik diadakan.

Akan tetapi, ternyata di dekat Machang Bubok, Penang, Malaysia telah ditemukan sebuah tempat pembuangan sampah ilegal. Tentu saja hal ini sangat memprihatinkan. Karena sampah yang ada di lokasi tersebut tak diolah sebagai mana mestinya oleh pemerintah setempat. Dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Sabtu (23/3/2019), penemuan tempat sampah ini pun cukup mengejutkan. Karena Penang sendiri termasuk wilayah pertama yang mengimplementasikan inisiatif dari "No Use Plasyic-Plactic".

Limbah sampah plastik ini bukan hanya dibiarkan berserakan, akan tetapi mereka juga menumpuknya hingga memiliki tinggi seperti bangunan dua lantai. Lokasi dari tempat pembuangan sampah ini ternyata hanya berjarak sekitar 100 meter dari perkebunan kelapa sawit. Dimana beberapa hari sebelumnya pihak berwenang setempat menemukan tumpukan barel limbah bahan kimia.

TPA ilegal ditemukan dibekas rawa

TPA Ilegal (Sumber: worldofbuzz)

Lokasi yang dijadikan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah ilegal ini dulunya berupa rawa. Selain itu, sempat pula dijadikan sebagai penambangan pasir ilegal. Luas dari lokasi tempat pembuangan sampah ini pun sebesar 6 kali lapangan sepak bola. Bisa kamu bayangkan seandainya tempat ini benar-benar telah terpenuhi oleh sampah? Bukan hanya sampah plastik saja yang ada, akan tetpi furnitur serta puing-puing konstruksi pun ditemukan di lokasi ini.

Untuk mengurangi volume sampah, ternyata operator dari TPA ini diduga membakarnya. Sehingga menghasilkan asap hitam yang cukup tebal dan membuat polusi udara. Tentu saja pembakaran sampah yang kebanyakan merupakan sampah plastik ini bisa melepaskan polutan organik. Selain itu, terdapat pula emisi gas beracun dan juga gas rumah kaca yang bisa merusak lingkungan.

Penemuan lokasi ini muncul setelah Kementerian Energi, Ilmu Pengetahua, Teknologi, Lingkungan dan Perubahan Iklim menutup 131 pabrik limbah plastik ilegal di Selangor dan Penang. Dewan Kota Seberang Perai pun telah mengkonfirmasi, bahwa tidak ada izin yang dikeluarkan untuk menjadikan tempat tersebut sebagai TPA.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Buah Terkena OTT, Bos Krakatau Steel Tetap Fokus Benahi Kinerja Perusahaan

Posted: 22 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Meski ada anak buah terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), Silmy Karim menuturkan, pihaknya tetap fokus melakukan transformasi dan membenahi PT Krakatau Steel Tbk.

Silmy menuturkan, seluruh lini menjadi perhatian untuk dibenahi baik dalam dan di luar PT Krakatau Steel Tbk. Hal ini sebagai amanat untuk membawa semangat perubahan dan transformasi di PT Krakatau Steel Tbk.

"Ya dibenahi segala lini. Dalam dan di luar PT Krakatau Steel Tbk. Restrukturisasi keuangan, organisasi, aturan dan sistem sebagainya," ujar Silmy, saat dihubungi lewat pesan singkat Liputan6.com, Sabtu (23/3/2019).

Ia menegaskan, saat ini hal paling penting untuk dibenahi adalah di area pasar dan keuangan.

Seperti diketahui, PT Krakatau Steel Tbk mampu menekan rugi hingga kuartal III 2018. Perseroan mencatatkan rugi USD 37,38 juta hingga kuartal III 2018 dari periode sama tahun sebelumnya USD 75,04 juta.

Hal itu didukung dari pendapatan bersih perseroan naik sekitar 22,71 persen dari USD 1,03 miliar menjadi USD 1,27 miliar hingga kuartal III 2018.

Kenaikan pendapatan itu ditopang dari  kenaikan harga baja pada M9 2018. Harga jual rata-rata HRC naik 5,67 persen di kisaran harga USD 640-USD 680 per ton dibanding harga pada periode sama tahun lalu di harga USD 599 per ton.

Terkait kabar OTT KPK terhadap direkturnya kemarin, Silmy menuturkan, saat itu dirinya belum mengetahui kabar tersebut. Dirinya lantaran masih di Kementerian BUMN untuk bahas restrukturisasi utang.

Sebelumnya, Silmy mengatakan, ‎sebagai pemimpin tertinggi di Karakatau Steel prihatin, ada anak buahnya yang diduga terlibat praktik pelanggaran hukum, sehingga ditangkap KPK.

"Saya prihatin dan menyesalkan ada anggota saya," kata Silmy, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu 23 Maret 2019.

‎Silmy menuturkan, azas praduga tak bersalah memang harus ditegakkan. Dia pun menghormati proses hukum dan mendukung upaya KPK dalam menegakan hukum.

"kita harus hormati proses hukum.  Kita dukung KPK dalam upaya penegakkan hukum," tutur dia.

Silmy menyatakan, sejak masuk BUMN telah berkomitmen untuk menegakkan good corporate governance, membangun profesionalisme dan praktik manajemen yang bebas dari konflik kepentingan.

"BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang harus dijaga dari intervenai dan upaya pelemahan, termasuk pelemahan karena praktik korupsi," ujar dia.

 

OTT KPK

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan memberikan keterangan pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan di Gedung KPK, Jumat (27/7). KPK menetapkan 4 tersangka GR, ZH (Zainuddin), ABN dan AA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada Jumat 22 Maret 2019 sekitar pukul 18.30 WIB, KPK menangkap empat orang, satu di antaranya disebutkan merupakan pejabat Krakatau Steel.

Diduga telah terjadi transaksi penerimaan uang dari pihak swasta untuk kepentingan proyek Krakatau Steel di daerah. Aliran dana dilakukan dalam mata uang rupiah maupun dolar secara tunai dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, keempat orang yang diamankan saat ini sudah berada di Gedung KPK. Informasi lebih lengkap akan disampaikan pada Sabtu 23 Maret sore melalui konferensi pers yang akan digelar di Gedung KPK.

"KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan tersebut," tutur Basaria.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Us Jadi Tontonan Menjanjikan Para Pecinta Horor

Posted: 22 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bioskop Tanah Air saat ini sedang menayangkan film Us, salah satu film horor Hollywood terbaru karya Jordan Peele, sutradara nomine Oscar yang juga penulis naskah peraih Oscar 2017.

Film Us yang mengusung genre horor dengan bumbu ketegangan psikologi, melibatkan aktris cilik Madison Curry. Selain itu, terdapat juga bintang-bintang papan atas Hollywood seperti Lupita Nyong'o dan Winston Duke.

Lupita Nyong'o yang sempat tampil dalam Black Panther dikenal berkat prestasinya meraih Piala Oscar. Tak heran aktingnya dalam Us menuai pujian yang sangat besar.

Meskipun beberapa adegan dianggap memusingkan, namun banyak yang menilai film Us memiliki kualitas di atas rata-rata. Kisahnya berkutat pada satu keluarga yang berlibur di tempat terasing hingga mereka mengalami teror mencekam.

Sudah Tayang

Lupita Nyong'o dalam sebuah adegan film 'Us'. Lupita Nyong'o merupakan aktris terbaik peraih Oscar dari Meksiko. Film 'Us' banyak menampilkan adegan pembunuhan. (Claudette Barius/Universal Pictures via AP)

Banyak adegan pembunuhan yang dinilai bisa membangkitkan suasana kengerian tersendiri bagi para penonton film ini.

Us sudah tayang di bioskop-bioskop seluruh Indonesia pada 20 Maret 2019 lalu. Setelah mengetahui sinopsis dan para bintang yang terlibat, tak berlebihan rasanya bila film ini dianggap layak ditonton bagi para pecinta film horor dan ketegangan.

Madison Curry dalam sebuah adegan film 'Us'. Ini merupakan film terbaru Universal Pictures bergenre horor psikologi sekaligus thriller. (Universal Pictures via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TNI, Polri, ASN, dan Peserta Pemilu Teken Komitmen Jelang Kampanye Terbuka

Posted: 22 Mar 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), dan Aparatur Sipil Nasional (ASN) dan peserta Pemilu 2019 menandatangani komitmen damai jelang kampanye terbuka dalam rapat umum dan iklan kampanye.

Penandatanganan komitmen Pemilu 2019 yang diselenggarakan di halaman Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sabtu (23/3/2019).

Dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden diwakili tim sukses masing-masing. Erick Thohir mewakili pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan Mardani Ali Sera mewakili Prabowo-Sandi sebagai capres-cawapres nomor urut 02.

Anggota KPU Hasyim Asy'ari mengatakan, pihaknya mengapresiasi seluruh pihak yang berkomitmen menjaga terciptanya Pemilu 2019 yang damai.

"Kami mewakili KPU menyambut baik inisiasi dari Bawaslu untuk mulai komitmen nasional dan akan diikuti seluruh wilayah Indonesia, membangun kesepakatan hari-hari terakhir kampanye rapat umum bisa berjalan aman damai dan demokratis," ujar Hasyim saat menyampaikan sambutannya.

Tak Saling Hujat

Ketua Bawaslu Abhan juga mengingatkan seluruh pihak menjaga stabilitas demokrasi di momen Pemilu. Ia juga mengingatkan seluruh pihak tidak saling menghujat ataupun menjatuhkan.

"Pemahaman masyarakat dalam berpolitik merupakan harapan kita bersama dan satu investasi perhelatan pemilu 2019 yang bermartabat akan bisa terwujud manakala seluruh stakeholder bersinergi tanpa saling menjatuhkan," kata Abhan.

Acara penandatanganan komitmen berlangsung meriah dengan penampilan tarian Saman dari mahasiswa Universitas Budi Luhur.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Kemegahan Budaya dalam Bangka Culture Wave 2019

Posted: 22 Mar 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Sungailiat Siap-siaplah menyambut Bangka Culture Wave (BCW) 2019, 2-7 April. Berbagai kemegahan budaya akan ditampil dalam event ini.

Bangka Cultural Wave akan menyajikan 7 event. Venue utama berada di De'Locomotief, Pantai Wisata Tonaci, Sungailiat, Bangka. Bangka Cultural Wave 2019 mengusung tema "Home Coming"

Beragam budaya ditampilkan dalam event ini. Ada musik dan tari dari berbagai wilayah di nusantara hingga dunia. Secara umum, ada 7 event dalam kegiatan ini. Ada Bangka Art Wave, Bangka Wave Carnival, dan Bangka Ethnic Wave Festival.

Ada juga Bangka Ethnic Music Festival, Workshop & Bazaar, Competition, juga Performance. "Bangka Cultural Wave 2019 digelar lebih meriah. Budaya nusantara hingga mancanegara akan disajikan.

Kontennya sangat padat karena waktunya lebih pendek. Dengan durasi sekitar sepekan, kemeriahannya pasti lebih terasa. Kami harap festival ini memberi banyak inspirasi bagi pengunjung," papar Owner Tongacie de'Locomotif Anton Soegito Poetra, Kamis (21/3).

Bangka Art Wave juga akan menyajikan pertunjukan dan pameran seni para perupa lokal hingga nasional. Komposisinya terdiri dari mural, body painting, pameran lukisan, hingga instalasi seni. Kanal ini akan memberi demo melukis dari 12 pelukis pada kanvas sepanjang 10 meter.

"Semua pelukis dari berbagai aliran akan berkumpul di sini. Mereka akan unjuk skill melukis khususnya di kanvas raksasa. Mereka akan melanjutkan goresan yang diberikan oleh tokoh atau pejabat yang hadir. Untuk itu, kami mengundang semuanya untuk hadir di BCW 2019. Akan ada banyak kemeriahan yang bisa dinikmati di festival ini," terang Anton lagi.

Selain itu, ada parade yang akan menampilkan kostum dari bahan daur ulang. BCW 2019 juga menampilkan Bangka Ethnic Wave Festival. Konten ini berisi tarian lokal dan mancanegara.

Staf Khusus Menteri Bidang Multikultural Kemenpar Esthy Reko Astuti mengungkapkan, Bangka Cultural Wave 2019 merupakan event luar biasa. "Karena acara dan kemasannya sangat bagus. Tahun 2019 ini kontennya sangat banyak. Mereka tetap menampilkan seniman internasional. Apa yang ditampilkan ini tentu menjadi daya tarik bagi wisatawan," ungkap Esthy.

Untuk memberikan pengalaman ke wisatawan, Bangka Ethnic Music Festival tetap ditampilkan. Panggung besar disediakan bagi warna musik tradisional dan kontemporer. Membagikan inspirasinya, ada Workshop dan Bazaar. Konten yang ditampilkan, yaitu workshop Fashion Art Costum, Parade Kopi Nusantara, beragam teknik melukis, Video Blog & Photography, hingga bazaar kuliner plus craft.

Untuk konten Competition menampilkan 11 slot. Ada Barongsai Competition, Spot Dance, Mahjong & Catur Tiongkok, hingga Coffee & Barista. Komposisi lombanya terdiri dari Kreasi Lagu Daerah, Kreasi Pasir Pantai, Kreasi Tari Tradisi, hingga Lomba Lukis Anak. Konten Performance juga punya 9 turunan.

Beberapa diantaranya, Chinese Kolosal Threatical & Traditional Chinese Heritage hingga Live Music. "Komposisi terbaik memang dimiliki BCW 2019. Kami yakin, festival ini akan dikunjungi lebih banyak wisatawan. Ada banyak experience yang bisa dibagikan di festival ini. Jadi, momentum terbaik ini jangan sampai terlewatkan. Ayo bergabung di BCW 2019 lalu dapatkan pengetahuan baru di sini," tegas Esthy.

Bangka Cultural Wave 2019 membidik target kunjungan 5.000 wisman. Slot jumbo pengunjung hingga 50.000 orang ditarget dari wisnus. Optimisme ini mengacu pada realisasi pengunjung event tahun sebelumnya. Pada edisi BCW 2018, festival dikunjungi 1.500 wisman lalu ada 30.000 wisnus.

Esthy menjelaskan, BCW ditopang infrastruktur terbaik. "Target event tahun ini masih realistis. Peminat dari BCW selalu besar setiap tahunnya. Destinasi ini juga memiliki infrastruktur bagus. Mobilitas wisatawan juga mudah," jelasnya lagi.

Lokasi Bangka Cultural Wave 2019 berjarak 30 kilometer dari Bandara Depati Amir di Pangkal Pinang. Jarak tempuhnya sekitar 1 jam. Transportasi menuju ke Sungailiat juga mudah karena akses darat sangat lancar. Kelebihannya, jalan darat menyajikan view pantai yang eksotis.

Untuk penginapannya, ada banyak pilihan. Wisatawan bisa menginap di Pesona Bay Sea View Hotel dengan banderol Rp 661 ribu per malam. Ada juga Novotel Bangka yang dibanderol Rp 550 ribu semalam. Harga Rp 537 ribu menjadi penawaran Puri Ansel Villas. Parai Beach Resort & Spa dibanderol Rp 490 ribu, lalu ada Tanjung Pesona Beach Resort yang dihargai Rp 455 ribu.

"BCW 2019 harus menjadi destinasi utama berlibur. Varian atraksi yang ditawarkan sangat banyak. Para wisatawan juga bisa mengekplorasi sisi lain dari BCW 2019. Destinasi pantai-pantainya sangat eksotis. Bangka juga terkenal dengan kuliner nikmatnya. Variannya sangat banyak. Yang jelas, atraksi, amenitas, dan aksesibilitas di Bangka itu yang terbaik," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gareth Bale Belum Cukup Antarkan MU Juara Liga Inggris

Posted: 22 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) ingin memboyong beberapa pemain anyar pada bursa transfer musim panas nanti. Salah satu pemain yang disasar yaitu bintang Real Madrid, Gareth Bale.

Bale dinilai cukup mumpuni untuk memperkuat lini serang MU. Meski begitu, legenda Arsenal, Paul Merson menilai Bale belum cukup untuk diandalkan MU.

Dia sepakat Bale bisa menjadi tambahan penting bagi skuat Manchester United di musim depan. Namun, adanya pemain asal Wales tersebut masih belum cukup untuk membuat The Red Devils meraih gelar.

Belakangan ini, Bale santer diberitakan tengah didekati MU. Mantan penggawa Tottenham itu tengah mengalami masa-masa sulit bersama skuat Los Merengues yang terpuruk pada zaman kepelatihan Santiago Solari.

Untuk seorang pemain yang diharapkan bisa mengisi kekosongan Cristiano Ronaldo, torehan 14 gol dan lima assist dari 35 penampilan di semua kompetisi jelas tidak begitu apik. Namun publik yakin bahwa Bale bisa menunjukkan sinarnya bersama klub lain.

 

 

Tambahan yang Bagus untuk MU

Gareth Bale (AFP/Joe Klamar)

Merson adalah salah satu orang yang percaya bahwa Gareth Bale bisa menjadi tambahan penting bagi Manchester United di musim depan. Dan ia yakin The Red Devils sudah mengalokasikan uang dalam jumlah besar untuk melakukan perombakan skuat.

"Manchester United terlihat sangan cocok utnuknya. Mereka coba memboyongnya sebelumnya dan itu tak berhasil, tapi dia selalu terasa seperti pemain mereka," tulis Merson dalam kolom khusus di Daily Star.

"Mereka akan membangun ulang di musim depan dan mungkin saja ada yang keluar dan masuk di Old Trafford. Mereka juga menjadi satu dari sekian tim yang bisa membayarnya," lanjutnya.

Bale Sendiri Belum Cukup

Hanya saja, Merson cukup skeptis bisa melihat Manchester United bisa menggenggam piala pada tahun 2020 mendatang meski telah ketambahan tenaga Bale. Baginya, untuk klub sekaliber The Red Devils, tambahan Bale saja tidak cukup.

"Ini adalah perjudian yang pantas untuk diambil jika anda adalah United. Tapi saya tak yakin Gareth Bale akan memenangkan anda gelar bila anda United. Mereka membutuhkan lebih dari itu," tambahnya.

Selain MU, Merson juga meyakini bahwa Bale cocok untuk menjadi pengganti Eden Hazard di Chelsea. Hanya saja, ia tak yakin pemain berumur 29 tahun tersebut bisa bergabung dengan Gonzalo Higuain dkk lantaran embargo transfer yang sedang menimpa mereka.

"Saya pikir Hazard akan menuju ke Madrid. Jika tidak, dia sudah menandatangani kontrak baru sekarang. Tapi Bale bukanlah pengganti yang buruk, bukan?" tandasnya.

Sumber:Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: PUBG Terancam Diblokir Sedot Perhatian

Posted: 22 Mar 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemkominfo menegaskan akan memblokir gim mobile Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) jika memang dinilai merusak moral pemainnya.

Upaya pemblokiran juga diungkap menjadi tindak lanjut dari permintaan pemblokiran PUBG yang diwacanakan MUI Jawa Barat. Berita ini pun menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari harga Redmi Note 7 di Indonesia yang lebih murah ketimbang di negara asalnya yaitu China.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Kemkominfo Bakal Blokir PUBG Jika Kajian MUI Rampung

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menegaskan pihaknya akan memblokir gim mobile Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) jika memang dinilai merusak moral pemainnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dirjen Aplikasi dan Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan.

Pria yang karib disapa Semmy ini berujar, permintaan pemblokiran sejatinya harus melewati kajian yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca selengkapnya di sini 

2. Alasan Harga Redmi Note 7 di Indonesia Lebih Murah Ketimbang di China

Redmi Note 7 akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia. Smartphone perdana dari Redmi yang kini berdiri sebagai merek sendiri ini berhasil membuat kejutan, sebab dibanderol dengan harga yang lebih murah dari negara asalnya.

Seperti diketahui, varian paling terjangkau dari Redmi Note 7 di Indonesia dijual Rp 1.999.000. Sementara varian paling murah dari Redmi Note 7 di Tiongkok dijual dengan harga Rp 2,1 jutaan.

Perbedaan harga ini ternyata tidak lepas dari visi dan misi Xiaomi selaku pemilik merek Redmi. Menurut Country Head Xiaomi Indonesia, Steven Shi, Xiaomi memiliki pandangan teknologi harus dapat dimiliki oleh semua orang.

Baca selengkapnya di sini

3. Duh, Smartphone Nokia Diam-Diam Kirim Data Pengguna ke Tiongkok

Ilustrasi: Nokia

Nokia baru saja mengalami kasus yang cukup menjadi sorotan. Pasalnya, smartphone besutan vendor asal Finlandia tersebut dilaporkan diam-diam telah mengirim data pengggunanya ke Tiongkok.

Kasus ini mulai merebak ke publik saat channel siaran Norwegia NRK, mengklaim bukti kalau smartphone Nokia mengirimkan data pribadi penggunanya ke Negeri Tirai Bambu.

Kepada NRK, salah satu pengguna Nokia 7 Plus, Henrik Austad, berkata bahwa dia telah memonitor trafik di smartphone-nya dan menyadari kalau perangkat miliknya ternyata telah melakukan kontak ke sebuah server dan mengirim paket data.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Liverpool, Origi Rela Geser Posisi

Posted: 22 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Striker Liverpool, Divock Origi, mengaku siap mengorbankan posisi idealnya dan bermain di mana pun demi The Reds. Bagi Origi, kepentingan tim harus diutamakan.

Origi belakangan mulai sering dimainkan Liverpool. Dalam sembilan laga terakhir The Reds, pemain asal Belgia itu bermain delapan kali, meski tak selalu jadi starter.

Origi juga tak selalu memainkan posisi aslinya sebagai penyerang tengah. Meski demikian, bagi mantan pemain Lille tersebut, hal itu bukan masalah.

"Aku fokus pada apa yang bisa aku lakukan untuk membantu Liverpool dalam kapasitas apa pun itu. Aku hanya harus tetap positif. Aku tahu bahwa kami memiliki tujuan besar sehingga posisi apa pun yang aku mainkan, aku senang melakukannya," kata Origi di Soccerway.

 

 

Utamakan Kepentingan Tim

 (AFP/Oli Scarff)

"Tentu saja aku ambisius dan aku ingin bermain sebanyak mungkin, tetapi yang paling penting adalah tim dan tujuan tim. Aku juga menyukai bermain di sayap. Bahkan di tim yunior, aku dulu bermain sebagai penyerang tengah dan sayap, sehingga aku nyaman di kedua posisi."

"Orang-orang mungkin melihatku lebih maju ke depan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi aku benar-benar menyukai main di sayap. Aku menikmati kerjasama dengan Sadio Mane dan Mohamed Salah saat melawan Watford, tetapi tentu saja mereka adalah pemain top yang membuatnya lebih mudah bagiku," Origi menambahkan.

Statistik Origi

Musim ini, Origi sudah membela Liverpool dalam 14 pertandingan di semua kompetisi. Ia juga menyumbangkan empat gol dan dua assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prof I Gde Pitana : Di Tangan Arief Yahya, Pariwisata Indonesia Semakin Maju

Posted: 22 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak Kementerian Pariwisata dipimpin Arief Yahya, sektor pariwisata sangat menggeliat. Kemajuan terjadi di berbagai sektor dan juga diakui oleh para pelaku industri. Sejumlah terobosan penting dilakukan. Kehadiran Arief Yahya membuat laju pariwisata Indonesia semakin on the track.

Penilaian itu disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata I Gde Pitana. Sosok satu ini bukan orang sembarangan.

Pitana adalah orang sangat mengenal Kementerian Pariwisata, dan lama berkarier di Gedung Sapta Pesona. Dia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pemasaran Mancanegara dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata.

"Arief Yahya adalah sosok yang luar biasa. Beliau adalah ahli di bidang IT dan pemasaran. Beliau memberikan sentuhan baru dalam dunia pariwisata Indonesia. Dan di tangan Arief Yahya perubahan sektor pariwisata sangat terasa," katanya

Dijelaskan Pitana, salah satu perbedaan yang paling terasa adalah semakin go digitalnya pariwisata Indonesia. Sebagai seorang yang mengetahui IT, Pitana menilai Arief Yahya membuat program go digital sudah dalam track.

"Sebagai bawahan dan lebih lama di Kementerian Pariwisata, saya sangat terpukau. Apalagi, hal itu dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang juga jitu. Jargon-jargon simple yang dikeluarkan, menjadi strategi pemasaran yang menurut saya sangat ampuh untuk pemasaran dan promosi di mancanegara," kata Pitana.

Pitana pun mengaku sebelumnya tidak pernah berpikir jika pengembangan dan promosi bisa menyentuh Google yang memiliki akses luas, atau memanfatkan TripAdvisor yang menjadi referensi banyak wisatawan. "Tapi, Pak Menteri melakukan itu di pariwisata Indonesia. Hal yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, saya sangat salut, karena kami tidak terfikir sampai situ," tuturnya.

Oleh karena itu, Pitana menilai apa yang dilakukan Arief Yahya saat ini sesuai dengan kebutuhan yang memang dibutuhkan pariwisata Indonesia. Pendekatan dan strateginya sangat tepat untuk kondisi pariwisata saat ini.

"Yang saya bicarakan pendekatan saat ini. Saat dimana dunia sudah semakin digital. Hal itu dimanfaatkan Pak Menteri. Bukan seperti pendekatan 20 tahun lalu. Pendekatan inilah yang paling baik dan saya merasa sangat menikmatinya dan cara itu sangat-sangat efektif. Karena kita semua tahu, wisatawan saat ini hampir lebih dari dari 70% berwisata menggunakan digital," katanya.

Memang masih ada 30% yang masih nyaman dengan cara lama, cara konvensional. Jadi kalau ada yang berpandangan "beda", sulit move on ke digital, pasti diantara yang 30% itu.

Pitana juga menilai Arief Yahya sebagai sosok Menteri yang berani dalam mengambil keputusan dan sangat fokus dalam bekerja.

"Contohnya begini, Indonesia memiliki sekitar 222 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Tapi, kita di Kementerian Pariwisata fokus pada 10 destinasi prioritas. Masalah setuju atau tidak setuju pasti ada, tapi beliau tetap fokus pada pekerjaan. Buat saya, Pak Menteri adalah guru besar The Power of Focus. Mengutamakan yang utama adalah benar dan nyata. Daripada banyak tapi tak terurus. Saya datang bermodalkan akademisi, dan ini sudah saya kaji. Keputusan pak menteri sangat tepat dan benar," katanya.

Pitana mengaku sangat setuju langkah Menpar Arief Yahya dengan mempersepit penitikberatan pembangunan. Sebab, sebuah destinasi tidak bisa dibangun dalam setahun atau dua tahun. Pembangunan destinasi harus fokus, dan Pitana sangat gembira Menteri yang saat ini sebagai pimpinannya itu adalah manusia yang super fokus.

Hal serupa ditanamkan Arief Yahya dalam promosi pariwisata Indonesia di luar negeri. Menurutnya, dari sekitar 187 negara yang ada di seluruh dunia, tidak di semua negara promosi dilakukan.

"Pak Menteri sangat fokus. Keputusan untuk promosi di luar negeri efektif. Promosi kita fokuskan pada pasar utama kita di luar negeri. Karena kita membutuhkan impact positif dari promosi. Jadi bukan sembarangan promosi, ini lagi-lagi arahan dan ide pak Menteri Arief Yahya. Selama saya berkarir di pariwisata, inilah menteri yang punya banyak terobosan," tuturnya.

 

Ranking pariwisata naik

Hal ini juga berpengaruh terhadap brand pariwisata Indonesia. Apalagi, brand pariwisata Indonesia sudah tertinggal sangat jauh dari Thailand, Singapura, dan Malaysia, sebelum hadirnya Arief Yahya sebagai Menteri Pariwisata.

"Mengapa brand kita tertinggal, karena Thailand, Singapura, dan Malaysia, apa yang kita lakukan sekarang terhadap pariwisata, sudah dilakukan tiga negara itu sejak 10 tahun lalu. Kalau tidak dimulai, kita akan semakin jauh tertinggal. Dan pariwisata tidak seperti sekarang.

Komentar Pitana didasari, bahwa Pariwisata Indonesia melompat tajam dari ranking 70 pada tahun 2013 menjadi ranking 50 pada tahun 2015. Indeks daya saing Indonesia kembali melesat naik 8 peringkat ke peringkat 42 pada tahun 2017.

"Maka, lagi-lagi dengan memasang promosi digital di New York, di Paris di Jerman dan sebagainya memang harus dilakukan. Mau kapan lagi, bangsa kita sekarang berwibawa," katanya.

Ucapan Pitana bukan sembarang komentar. Reputasi itu dipotret oleh Travel and Tourism Competitiveness Index (TTCI) 2017, yang dikeluarkan secara resmi oleh World Economic Forum (WEF) pada 6 April 2017 lalu. Menariknya, kinerja pariwisata Indonesia naik 8 level, di saat Malaysia turun 2 peringkat di posisi 26. Singapura juga turun 2 peringkat dan Thailand naik hanya 1 peringkat di papan 34. Pekerjaan besar justru berawal dari sini, berawal dari akhir.

Pitana juga mengomentari shadow management yang diterapkan Arief Yahya sebagai transformasi ilmu untuk para ASN.

"Sebagai seorang ASN, saya setuju dengan kehadiran tim percepatan. Saya contohkan Hiramsyah (Hiramsyah S Thaib, Ketua Tim Percepatan 10 Destinasi Prioritas). Beliau sudah 30 tahun berdarah-darah berlumpur mengembangkan properti pariwisata. Hal yang tidak pernah dilakukan ASN. Saya tidak melihat ada anggota percepatan yang tidak berpengalaman. Dan semua ada transformasi ilmu buat ASN. Jadi sangat positif," katanya.

Mengenai 10 Bali Baru, Pitana menilai banyak orang yang tidak memahami konsep sesungguhnya dari 10 Bali Baru. Pitana yang memiliki darah Bali, menilai konsep 10 Bali Baru diterapkan untuk menyelamatkan sekaligus membangun Bali.

Karena, Bali memiliki keterbatasan. Keterbatasan bandara, keterbatasan infrastruktur. Dengan hadirnya 10 Bali Baru, justru Bali bisa semakin maju. Dan memberikan kesempatan Bali untuk membangun.

"Dan masyarakat serta pelaku industri di Bali semua sangat memahami dengan istilah Bali Baru. Intinya, orang yang berkomentar miring terhadap menteri saya Arief Yahya itu artinya memang dia tidak mengerti pariwisata Indonesia, tidak mengerti kemajuan yang sudah banyak dilakukan Presiden Joko Widodo lewat Menteri Pariwisata Arief Yahya," kata pria yang biasa dipanggil Prof Pit itu

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Reaksi Netizen Lihat Tatapan Chelsea Islan ke Jokowi, Bikin Gagal Fokus

Posted: 22 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal yang baru lagi jika Presiden Joko Widodo atau yang sering disapa Jokowi kerap mengundang sejumlah tokoh ke Istana Negara. Pasti kamu masih bisa mengingat saat Jokowi mengundang sejumlah penyanyi ke Istana saat memperingati Hari Musik Nasional.

Kala itu foto-foto mengenai kedekatan sejumlah artis dengan sang Presiden pun ramai diperbincangkan warganet. Terutama saat foto kedekatan Raisa dengan Jokowi yang terlihat jelas. Kontan saja foto tersebut menjadi perbicangan hangat di media sosial khususnya Twitter dan juga Instagram.

Baru-baru ini pun media sosial kembali dihebohkan oleh foto yang beredar mengenai Jokowi dan juga aktris cantik Chelsea Islan. Dalam foto yang beredar terlihat ada Presiden Joko Widodo dan juga Ibu Negara Irana Joko Widodob serta aktris Chelsea Islan.

Akan tetapi yang membuat ramai ialah tatapan yang diberikan Chelsea Islan kepada Jokowi. Tatapan ini pun kemudian ramai dan membuat warganet gagal fokus. Bahkan foto yang beredar pun dibuat candaan oleh para warganet. Salah satunya di akun Twitter @ikrarmarki. Ia mengunggah foto tersebut dengan tambahan caption yang bisa bikin kamu terbawa perasaan atau baper.

Bukan hanya dari akun @ikramarki saja loh, tapi banyak pula netizen yang turut menanggapi foto tersebut. Liputan6.com pun telah merangkumnya dari akun Twitter @ikramarki, Sabtu (23/3/2019).

1. Lihat reaksi netizen kadang bikin kamu ketawa sendiri

Respons netizen (Sumber: Twitter/ikramarki)

2. Duh pilih siapa nih kalau kamu?

Respons netizen (Sumber: Twitter/adayangbangun)

3. Menatap kagum saja ya

Respons netizen (Sumber: Twitter/Bindhal2)

4. Mulai baper kayanya nih

Respons netizen (Sumber: Twitter/PwRahmat)

5. Kalau dilihat perempuan cantik memang bikin salting

Respons netizen (Sumber: Twitter/GhefiGhefi)

6. Ngarep banget ya bisa dilihat sama Chelsea Islan

Respons netizen (Sumber: Twitter/Gilangus)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gubernur Bali Doakan Jokowi Kembali Jadi Presiden

Posted: 22 Mar 2019 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Bali - Gubernur Bali I Wayan Koster mendoakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dapat memenangi kontestasi Pilpres 2019. Koster berharap Jokowi yang merupakan capres petahana dapat kembali melanjutkan pembangunan di Indonesia.

Hal tersebut dikatakan Koster saat menghadiri acara simakrama atau silaturahmi bersama tokoh dan masyarakat Bali di Ardha Chandra Kecamatan Denpasar Selatan Kota Bali, Jumat 23 Maret 2018. Acara tersebut juga dihadiri Jokowi.

"Kami terus mendoakan, mudah-mudahan Bapak Jokowi terpilih kembali sebagai presiden. Itu harapan kami demi tegaknya ideologi Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," kata Koster.

Dia mengatakan, Bali merupakan daerah adat istiadat, seni, dan budaya yang menjadi aset masyarakat Pulau Dewata dan juga bangsa Indonesia. Upaya melestarikan adat istiadat, seni dan budaya sepenuhnya dijalankan oleh desa adat dengan cara swadaya.

Ia pun meminta kepada Jokowi agar pemerintah mengucurkan dana bantuan untuk desa adat, seperti dana desa dan dana kelurahan.

"Kami mohon perhatian secara khusus kepada Bapak Presiden. Kiranya berkenan untuk mempertimbangkan pemberian alokasi anggaran untuk desa adat di Bali. Sesuai kemampuan keuangan negara," kata Koter

 

 

Modal Utama

Koster menuturkan, kelestarian budaya merupakan modal utama masyarakat Bali dengan memajukan sektor pariwisata.

Politisi PDIP itu menyebut bahwa Bali salah satu penyumbang devisa terbesar lewat sektor pariwisata tersebut.

"Oleh karena itu kami memerlukan kontribusi negara untuk memelihara tradisi seni budaya. Begitu juga dalam pemeliharaan adat istiadat," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Vital Seismograf untuk Memantau Gempa di Gunung Papandayan Hilang

Posted: 22 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Empat dari lima alat seismograf berupa iccu dan solar panel, yang digunakan pemantauan aktifitas Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat raib. Akibatnya para petugas terpaksa melakukan pemantauan secara visual.

Momon, salah satu Staf Pos Pengamatan Gunung Papandayan Cisurupan Garut mengatakan, kejadian raibnya alat seismograf yang ditanam di dalam tanah itu sudah berulang kali sejak 2016 lalu.

"Kami sudah berulang kali melaporkan ke pihak kepolisian tetapi belum ada titik terang," ujarnya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, sejak pengelolaan Cagar Alam Gunung Papandayan dikelola pihak swasta, kasus pencurian alat seismograf semakin menjadi.

"Sebelum dikelola oleh pihak swasta atau masih dibawah kewenangan BKSDA, alat pemantau seismograf aman-aman saja," ujar dia.

Namun sejak 2016 lalu, atau tepatnya sejak pengelolaan beralih ke pihak swasta alat itu menjadi sering hilang. "Kemungkinan posisi seismograf tersebut menjadi terbuka dan mudah diketahui oleh masyarakat," ujar dia. 

Momon menyatakan, alat tersebut terbilang mahal, sehingga dari kehilangan 4 unit alat tersebut, lembaganya mengalami kerugian hingga Rp 400 juta rupiah. "Untuk sementara kami terpaksa melakukan pengamatan secara visual saja," kata dia.

Lembaganya masih mengkaji untuk memasang kembali alat tersebut, di tengah kekhawatiran kasus serupa kembali tejadi.

"Selain mahal juga khawatir terjadi sebelum ditemukan pelakunya yang mencuri alat vital seismograf bencana tersebut," kata dia.

Seperti diketahui Seismometer dikenal sebagai alat untuk mengukur getaran dari gempa. Sedangkan alat untuk mencatat getaran gempa disebut seismograf atau seismogram. Seismometer dan seismograf adalah dua alat yang tidak dapat dipisahkan.

Seismometer memanfaatkan sifat sensitif dari seismogram terhadap getaran dari gelombang seismik. Untuk selanjutnya seismograf, memberikan gambaran melalui gambar berbentuk seperti gelombang.

Saat ini seismograf dinilai mampu mencatat dengan akurat hasil dari pengukuran oleh seismometer, untuk selanjutnya digunakan untuk menentukan magnitundo gempa.

Selain itu, seismograf mampu mencatat lokasi dari titik pusat gempa, sesuai hasil dari seismometer.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BI Harap Sektor Pariwisata Dapat Genjot Ekonomi Kepulauan Riau

Posted: 22 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Riau Bank Indonesia (BI) menargetkan ekonomi Kepulauan Riau dapat tumbuh di atas ekonomi nasional. Ada sejumlah strategi yang dilakukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi tersebut.

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi menuturkan, visi BI hingga 2025 menjadi bank sentral yang berkontribusi nyata.

Untuk semua pimpinan perwakilan BI di daerah yang terdiri dari 46 kantor harus turun dan menghasilkan karya nyata. Salah satu cara dilakukan dengan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Dengan melihat hal itu, BI mendorong upaya ekonomi kembali tumbuh di Kepulauan Riau. Ekonomi kepulauan Riau sempat naik hingga mencapai 8,3 persen pada 2010. Angka ini jauh di atas rata-rata nasional 6,1 persen. Akan tetapi, ekonomi Kepulauan Riau melambat beberapa tahun hingga hanya mencapai sekitar dua persen pada 2017.

BI pun menargetkan pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau mencapai di atas 5 persen-5,4 persen pada 2019.

"Targetnya ekonomi Kepulauan Riau tidak mau di bawah nasional. Target nasional 5-5,4 persen. Kepulauan Riau harus di atas," ujar Rosmaya, seperti ditulis Sabtu (23/3/2019).

 

 

Strategi yang Perlu Dilakukan

Upacara serah terima jabatan kepala perwakilan BI Provinsi Kepulauan Riau (Foto: Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Rosmaya menuturkan, ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan untuk dongkrak pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau.

Salah satunya di sektor pariwisata. Rosmaya menilai, sektor jasa lebih cepat menghasilkan devisa ketimbang sektor lain. Sektor jasa di bidang pariwisata diharapkan dikembangkan. Apalagi pariwisata Kepulauan Riau memiliki Bintan, Anambas dan kampung Vietnam, yang menurut Rosmaya bisa digalakkan.

"Pariwisata tumbuh, ekonomi juga meningkat," ujar dia.

Selain pariwisata, pemerintah daerah diharapkan memberikan kemudanan izin dan insentif fiskal.

Rosmaya berharap, Kepala Perwakilan BI yang baru, Fadjar Majardi dapat membantu memulihkan lagi pertumbuhan ekonomi. Selain itu, melanjutkan kinerja yang baik yang sudah dilakukan Kepala Perwakilan BI sebelumnya, Gusti Raizal Eka Putra.

Sementara itu, Fadjar masih akan memetakan potensi yang ada di Kepulauan Riau. Apalagi Kepulauan Riau lokasinya dekat dengan Singapura. Potensi pariwisatanya berbeda dengan Bali. Ini karena wisatawan mancanegara yang datang bisa berulang-ulang kembali ke kota itu.

"Melihat dulu potensi untuk dikembangkan. Jangka pendek dan panjangnya," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudahkah Kebutuhan Serat Harianmu Tercukupi?

Posted: 22 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mudah merasa lapar, sulit menurunkan berat badan, sampai sulit buang air besar. Apakah mengalami hal itu? Kemungkinan tubuh Anda kekurangan serat

Menurut dokter spesialis gizi klinik Raissa Edwina Djuanda rata-rata kebutuhan serat kita masih kurang. Rata-rata asupan serat hanya sekitar 17,9 gram serat per hari, jumlah ini masih jauh dari kebutuhan serat yang seharusnya.

Kebutuhan serat terpenuhi jika mencapai 38 gram untuk pria dewasa dan 30-32 gram untuk wanita dewasa. Sumber makanan kaya serat ada banyak di sekitar kita, tidak hanya dari sayur-sayuran dan buah-buahan saja.

Ingin tahu tips agar dapat mencukupi kebutuh serat bagi tubuh? Saksikan video Klikdokter.com di Vidio.com berikut ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbatov Yakin Pogba Takkan Tinggalkan MU

Posted: 22 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Dimitar Berbatov menilai fans MU tak perlu takut kehilangan Paul Pogba. Ia percaya Pogba takkan meninggalkan Old Trafford dalam waktu dekat.

Pogba pekan ini mengeluarkan komentar yang membuat penggemar MU cemas. Ia mengaku ingin dilatih oleh Zinedine Zidane di Real Madrid.

Tak heran spekulasi kepergian Pogba kembali mencuat. Apalagi Real Madrid sudah lama mengincar pemain timnas Prancis tersebut.

"Pogba selalu menjadi pusat pemberitaan media. Namun saya tak khawatir soal komentarnya ingin ke Real Madrid," kata Berbatov seperti dilansir Evening Standard.

"Saya juga senang berkomentar soal klub lain seperti Real Madrid, Juventus, Bayern Munchen ketika masih di MU. Jadi saya pikir itu hal biasa."

 

 

Spekulasi

Bek Paris Saint-Germain, Presnel Kimpembe berebut bola dengan pemain Manchester United, Paul Pogba pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Old Trafford, Selasa (12/2). Manchester United berhasil dikandaskan PSG, 0-2 (AP/Dave Thompson)

Pogba merupakan pemain termahal MU saat ini. Ia didatangkan dari Juventus tahun 2016 dengan harga 89,6 juta pound sterling.

Sejauh ini Pogba telah menyumbang dua gelar. Ia juga telah mencetak 29 gol dari 125 laga di semua kompetisi.

"Pogba akan bertahan lama di MU. Saya pikir pernyataannya kemarin dipelintir media saja," kata Berbatov.

Jadwal

Gelandang Manchester United, Paul Pogba, melakukan selebrasi usai membobol gawang Brighton and Hove Albion  pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/1). Manchester United menang 2-1 atas Brighton and Hove Albion. (AP/Martin Rickett)

Sabtu, 30 Maret

19.30 WIB, Fulham vs Man City

22.00 WIB, Brighton vs Southampton

22.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton

22.00 WIB, C Palace vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester City vs Bournemouth

22.00 WIB, MU vs Watford

Minggu, 31 Maret

00.30 WIB, West Ham vs Everton

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham

Selasa, 2 April

02.00 WIB, Arsenal vs Newcastle

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menikmati Arung Rakit dengan Menyusuri Sungai Bone

Posted: 22 Mar 2019 09:00 PM PDT

Peserta menyusuri sungai Bone menggunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Bonebol untuk bisa menjaga kelestarian sungai. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta menyusuri sungai Bone menggunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Bonebol untuk bisa menjaga kelestarian sungai. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Mantan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel saat menyusuri sungai Bone mengunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Seluruh SKPD Kabupaten Bonebol menyediakan rakit untuk dinaiki bagi siapa yang ingin menikmati dan menyeusuri bantaran sungai bone. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Mantan Menteri Perdagangan Rahmat Gobel saat menyusuri sungai Bone mengunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Seluruh SKPD Kabupaten Bonebol menyediakan rakit untuk dinaiki bagi siapa yang ingin menikmati dan menyeusuri bantaran sungai bone. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta mengayuh rakit tradisional selama mengikuti kegiatan menyusuri sungai Bone, Gorontalo, Sabtu (23/3). Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo meyelenggarakan iven tahunan yakni menyusuri sungai Bone dengan mengunakan rakit tradisional. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta mengayuh rakit tradisional selama mengikuti kegiatan menyusuri sungai Bone, Gorontalo, Sabtu (23/3). Pemerintah Daerah Kabupaten Bone Bolango (Bonebol), Gorontalo meyelenggarakan iven tahunan yakni menyusuri sungai Bone dengan mengunakan rakit tradisional. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta menyusuri sungai Bone menggunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Bonebol untuk bisa menjaga kelestarian sungai. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta menyusuri sungai Bone menggunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Bonebol untuk bisa menjaga kelestarian sungai. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta mengunakan rakit tradisional bersiap menyusuri sungai Bone, Gorontalo, Sabtu (23/3). Seluruh SKPD Kabupaten Bonebol menyediakan rakit untuk dinaiki bagi siapa yang ingin menikmati dan menyeusuri bantaran sungai bone. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta mengunakan rakit tradisional bersiap menyusuri sungai Bone, Gorontalo, Sabtu (23/3). Seluruh SKPD Kabupaten Bonebol menyediakan rakit untuk dinaiki bagi siapa yang ingin menikmati dan menyeusuri bantaran sungai bone. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta menyusuri sungai Bone menggunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Bonebol untuk bisa menjaga kelestarian sungai. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Peserta menyusuri sungai Bone menggunakan rakit tradisional di Gorontalo, Sabtu (23/3). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat Bonebol untuk bisa menjaga kelestarian sungai. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ritual Tetap Jalan Meski Bromo Tengah Erupsi

Posted: 22 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Tengger tetap melakukan ritual walaupun Gunung Bromo sedang erupsi dan mengeluarkan asap vulkanik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rayakan Ultah, Indah Sari Berharap Saipul Jamil Cepat Bebas

Posted: 22 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pedangdut Indah Sari diketahui menetap di New York, Amerika Serikat sejak beberapa waktu yang lalu. Mantan kekasih Saipul Jamil ini menyempatkan pulang ke Indonesia untuk merayakan ulang tahunnya pada 19 Maret 2019 lalu. 

Acara perayaan hari kelahiran Indah Sari itu digelar di hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut terlihat sahabat dari teman-teman arisan Bunga Rampai asuhan Ayu Soraya.

"Aku sengaja datang ke Indonesia untuk merayakan ulang tahun aku. Untuk usia rahasia ya," ungkap Indah Sari saat dihubungi melalui sambungan telepon, beberapa waktu lalu. 

 

Kampanye

Pedangdut Indah Sari saat merayakan ultahnya

Tak hanya merayakan ulang tahunnya, Indah Sari sekaligus menjalankan tugas partai yang diusungnya. Untuk diketahui, saat ini Indah Sari dipercaya menjadi salah satu calon legislatif dari Partai Amanat Nasional. 

"Jadi selain ulang tahun, aku juga datang ke Indonesia untuk menjalankan tugas partai. Nah karena ini bentar lagi pemilu dan saya dipinang oleh PAN makanya saya sampai pemilu ada di Indonesia," lanjut Indah Sari.

 

Saipul Jamil

Penyanyi dangdut, Saipul Jamil berbincang dengan Indah Sari di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (23/5). Sebanyak 14 saksi dihadirkan pada sidang lanjutan kasus pelecehan seksual yang dilakukan Saipul Jamil kepada DS. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, saat ditanya apakah sang mantan kekasih yaitu Saipul Jamil memberikan ucapan ulang tahun untuknya, Indah Sari justru mendoakan agar mantan kekasihnya itu segera bebas dari penjara.  

"Bang Ipul kan masih di dalam (LP Cipinang), enggak mungkin dong dia telepon atau mengucapkan selamat ulang tahun. Dan aku berharap agar bang Ipul cepat bebas dari Lapas Cipinang ya," tutup Indah Sari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lagi Makan Es Krim di Lampu Merah, Cowok Ini Kena Gombalan Polwan CCTV

Posted: 22 Mar 2019 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun terakhir ini, beberapa daerah di Indonesia mulai melakukan pemantauan lalu lintas lewat kamera CCTV.  Sehingga semua jenis pelanggaran bisa langsung terekam dan dapat langsung ditegur oleh polisi yang sedang bertugas.

Video pantauan CCTV ini terkenal dengan CCTV bersuara atau CCTV berbicara. Semua upaya ini dilakukan untuk satu tujuan, yakni menekan pelanggaran lalu lintas yang jadi sumber utama kecelakaan.

Meski sudah banyak pengendara yang mulai tertib berlalu lintas berkat CCTV tersebut, tetapi masih ada saja orang-orang yang belum menaati peraturan lalu lintas , seperti berhenti di depan garis zebra cross, tidak menggunakan helm saat naik sepeda motor dan lain-lain.

Beberapa hari yang lalu, seorang siswi tidak memakai helm yang berhenti di traffic light.  Melalui pengeras suara, petugas langsung menegur siswi tersebut bahwa tidak memakai helm saat berkendara dampaknya bisa berbahaya. Meski awalnya tidak sadar, pelajar itu mengangguk sambil tersipu malu saat ditegaskan oleh petugas.  

Berbeda dengan siswi tersebut, kali ini  seorang cowok terkena teguran CCTV akibat ia berhenti di zebra cross. Bahkan ia juga berkendara sambil makan es krim. Tidak hanya menegur, polwan CCTV pun memuji wajah manis cowok tersebut.

Cowok itu pun tampak tersipu malu, setelah terkenan gombalan manis dari polwan CCTV tersebut. Penasaran kan gimana gombalan polwan CCTV yang membuat si cowok jadi tersipu malu? Berikut Liputan6.com rangkum dari akun twitter @TwetPolisi. Sabtu (23/3/2019)

Kena Gombalan Polwan CCTV

Mulanya cowok itu makan es krim, ibu dan pengendara lainnya berhenti di atas garis zebra cross, setelah diperingatkan. Mereka pun serentak mundur perlahan.

Tetapi, setelah itu polwan tersebut menegur si cowok untuk menghabiskan dahulu es krimnya baru jalan kembali. Sambil menegur,  ia mengeluarkan gombalan mautnya, seperti

"Dan kepada abang yang makan es krim habisi dulu es kirmnya ya bang baru jalan, aduh manis sekali bang senyumnya"  

Terlihat cowok tersebut tersenyum sambil tersipu malu, tetapi ia tetap diam-diam memakan es krim tersebut. 

Lantas polwan tersebut memperingatkan kembali, "Tuh kan dimakan lagi es krimnya, habiskan dulu ya bang baru jalan lagi nanti abang kenapa-kenapa" ujar polwan tersebut. 

Wah, abang ini sengaja makan es krim biar dapat gombalan polwan ya? 

 

Viral di Media Sosial

 Kejadian ini berlangsung di kota Medan, video yang berdurasi 31 detik ini lantas viral di media sosial karena gombalan maut dari polwan tersebut. 

Bahkan sejak diunggah pada 18 Maret kemarin, video ini telah ditonton 1. 18 juta kali, dan mendpaat 59.756 retweet dan 35.324 like. 

Beberapa warga net pun juga turut mengomentari kejadian ini, seperti akun twitter @ceeeedi yang ikut tersipu malu melihat video ini. Ia menuliskan 

"Dia yang ditegur tapi kok aku yang tersipu malu ya" ujar @ceeeedi 

 Atau ada juga yang ingin terkena gombalan polwan CCTV tersebut, seperti 

"BESOK GW HARUS MAKAN ESKRIM!!" ujar @rizkyfajrii

Waduh, ada-ada saja nih, yang pasti jangan lupa untuk selalu mematuhi kendaraan lalu lintas ya. Selain membahayakan diri sendiri, hal tersebut juga membahayakan orang lain.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Spanyol Vs Norwegia: Ujian Tuan Rumah

Posted: 22 Mar 2019 08:55 PM PDT

Valencia - Timnas Spanyol bakal melakoni laga pertama di kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Norwegia, Minggu (24/3/2019) dini hari WIB. Duel ini bakal digelar di markas klub Valencia,stadion Mestalla.

Rekor Timnas Spanyol melawan Norwegia adalah menang empat kali, imbang satu kali dan kalah satu kali. Satu-satunya kekalahan itu adalah dengan skor 0-1 di EURO 2000.

Spanyol finis peringkat 2 di UEFA Nations League A Grup 4. Sementara itu, Norwegia meraih promosi sebagai juara League C Grup 3.

Di laga terakhirnya, Spanyol menang 1-0 dalam laga persahabatan melawan Bosnia lewat gol tunggal Brais Mendez. Di laga terakhirnya, Norwegia memenangi laga UEFA Nations League melawan tuan rumah Siprus dengan skor 2-0 lewat sepasang gol Ola Kamara.

Timnas Spanyol kalah dua kali dan menang sekali (M1 S0 K2) dalam tiga laga terakhirnya, sedangkan Norwegia tak terkalahkan dalam empat laga terakhirnya (M3 S1 K0).

Norwegia akan melawat ke Mestalla dengan percaya diri, tapi La Furia Roja punya cukup kualitas dan kekuatan untuk mengawali langkah di grup ini dengan kemenangan.

 

Rekor Pertemuan

Pemain timnas Spanyol, Diego Costa melakukan sundulan saat berebut bola pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 melawan Rusia di Stadion Luzhniki, Minggu (1/7). Rusia lolos ke perempat final setelah menang adu penalti 4-3 atas Spanyol. (AP/Antonio Calanni)

Rekor Pertemuan

Pertandingan: 6

Spanyol menang: 4

Gol Spanyol: 9

Imbang: 1

Norwegia menang: 1

Gol Norwegia: 2

5 Pertemuan Terakhir

20-11-2003 Norwegia 0-3 Spanyol (Kualifikasi Piala Eropa)

16-11-2003 Spanyol 2-1 Norwegia (Kualifikasi Piala Eropa)

13-06-2000 Spanyol 0-1 Norwegia (Piala Eropa)

24-04-1996 Norwegia 0-0 Spanyol (Persahabatan)

07-02-1996 Spanyol 1-0 Norwegia (Persahabatan)

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain:

Spanyol (4-3-3): De Gea; Gaya, Inigo Martinez, Ramos, Roberto; Saul Niguez, Busquets, Ceballos; Muniain, Morata, Rodrigo Moreno

Pelatih: Luis Enrique

Norwegia (4-4-2): Jarstein; Aleesami, Nordtveit, Rosted, Elabdellaoui; Elyounoussi, Henriksen, Seinaes, Johansen; Kamara, King

Pelatih: Lars Lagerback

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Santri Unjuk Kemampuan di Santri Fest Banten

Posted: 22 Mar 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Banten - Sekitar 10 ribu santri di Pulau Jawa, berkumpul di Stadion Maulana Yusuf (MY), untuk menghadiri Santri Fest yang digelar pada 22-24 Maret 2019.

Santri Fest akan dihadiri banyak tokoh, seperti KH Ma'ruf Amien, Tuan Guru Bajang, Ustaz Yusuf Mansur, sampai artis dan presenter Rafi Ahmad.

Para santri akan unjuk kemampuan di khalayak umum, seperti pembacaan puisi, lomba kaligrafi, lomba marawis, hingga lomba dakwah cilik.

"Dulu ijazah pesantren tidak diakui, makanya saya sekolah dua kali. Setelah HSN (Hari Santri Nasional), santri bisa masuk ke PTN. Bahkan tanpa tes bisa masuk hanya karena hafal quran, bisa masuk ke militer, TNI, Polri," ucap Ketua DPP Gerakan Arus Baru Indonesia (ARBI) Lukmanul Hakim ditemui usai membuka Santri Fest, di Kota Serang, Banten, Jumat 22 Maret 2019.

Mengambil tema Santri Untuk Negeri, bertujuan saling mengenal kebudayaan dari setiap daerah para santri dan melestarikan kebudayaan lokal.

"Semangat awalnya untuk mengeksplorasi bakat santri. Mereka punya bakat hebat dan harus dieksplorasi. Kita hanya memfasilitasi di acara ini," kata Lukmanil Hakim.

Dia menuturkan, dalam sejarahnya, ulama dan santri merupakan pejuang tangguh yang ikut serta merebut kemerdekaan Indonesia. Sebut saja, Brigjen KH Syam'un, KH Hasyim As'ari, KH Wahid Hasyim hingga KH Agus Salim.

Atasi Masalah

Menurut Lukmanul Hakim jika para ulama dan santri bersatu, maka Indonesia akan menjadi semakin kuat dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa.

"Negara mencatat, pendiri bangsa ini selain tokoh yang ditulis di buku sejarah adalah para santri," jelasnya.

Lukmanul mengatakan, Banten dikenal sebagai daerah Seribu Kiai, Sejuta Santri. Ada ribuan Pondok Pesantren (Ponpes) di daerah tersebut. Karena itu, santri harus bisa menggunakan kekuatannya untuk tujuan baik dan mulia.

"Posisi santri sangat sentris di Provinsi Banten. Tidak tanggung-tanggung. Dari total suara yang ada, 40 persennya terletak di tangan santri," ujar Lukmanul Hakim.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Incar Pemain Gratisan MU

Posted: 22 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Paris Saint Germain (PSG) sedang sibuk mencari gelandang baru. Salah satu buruannya adalah gelandang Manchester United (MU) Ander Herrera yang bisa didapat dengan gratis.

Kontrak Herrera bersama MU akan habis akhir musim nanti. MU berusaha keras mempertahankan pemuda Spanyol itu. Herrera merupakan salah satu andalan pelatih baru Ole Gunnar Solskjaer. 

Walau MU berencana menambah kontrak Herrera, PSG diklaim The Sun akan mencoba menggagalkannya. PSG bersedia memberikan gaji besar kepada Herrera jika mau pindah musim panas nanti.

PSG menggoda eks pemain Athletic Bilbao itu dengan bayaran 150.000 pound per pekan dan kontrak berdurasi tiga tahun. PSG berani memberikan gaji besar karena tak perlu mengeluarkan mahar untuk memboyong Herrera.

Dengan kontrak akan habis akhir musim, Herrera sudah bisa melakukan negosiasi prakontrak dengan klub luar negeri.

Gantikan Rabiot

Gelandang Manchester United, Ander Herrera (AP/Rui Vieira)

Herrera diincar PSG karena klub asuhan Thomas Tuchel membutuhkan gelandang baru menggantikan Adrien Rabiot.

Rabiot sudah memutuskan akan pindah dengan tidak memperpanjang kontraknya yang habis akhir musim. Rabiot kemungkinan akan bergabung dengan klub Spanyol, Barcelona.

Klasemen Liga Inggris

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nicolo Zaniolo Siap Jalani Debut Saat Italia vs Finlandia, Simak Sisi Lain Sosoknya

Posted: 22 Mar 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang laga melawan Finlandia, pemain muda potensial bernama Nicolo Zaniolo diyakini akan catatkan debut dengan tim nasional Italia. Zaniolo merupakan salah satu pemain yang masuk dalam skuad Azzuri untuk dua laga internasional yakni melawan Finlandia dan Liechtensen pada kualifikasi Piala Eropa 2020.

Melihat potensi Zaniolo, Roberto Mancini selaku pelatih tim nasional Italia pun mengakui Zaniolo adalah calon bintang dimasa depan. Bahkan Mancini sudah terkesan sejak Zaniolo bermain untuk timnas Italia U19. Menurut Mancini, Nicolo Zaniolo tipikal gelandang tengah yang kuat dalam fisik dan teknik. Zaniolo juga sering lepaskan tendangan yang menyusahkan kiper lawan.

Dengan penampilannya terus meningkat bersama klubnya saat ini AS Roma, Zaniolo bahkan disebut-sebut sebagai The Next Totti. Melihat potensi besarnya Nicolo Zaniolo, berikut telah dirangkum sisi lain dari pemain kelahiran tahun 1999 ini oleh liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (23/03/2019).

Perjuangan Nicolo Zaniolo

1. Nicolo Zaniolo lahir pada 2 Juli 1999 di Massa, Tuscany. Ayahnya Igor adalah pemain sepak bola profesional selama 12 tahun dan pernah tergabung dalam tim Cosenza, Ternana, Messina dan Salernitana di Serie B.

2. Zaniolo memulai karier mudanya di Genoa, sebelum pindah ke Fiorentina pada musim panas 2010. Dia menghabiskan enam musim dengan akademi Viola.

3. Zaniolo pernah menjadi pemain dengan gaji terendah di AS Roma. Eks pemain Inter Milan itu hanya dibayar 300 ribu euro per tahun.

 

 

Catatan Zaniolo di timnas Italia dan AS Roma

4. Zaniolo merupakan pemain langganan tim nasional Italia. Zaniolo sudah merasakan seragam Azzuri di U18, dilanjutkan U19, lalu U23 dan sekarang di tim nasional Italia Senior. Terhitung sejak debut di Italia U18, Zaniolo sudah catatkan penampilan untuk tim nasional sebanyak 24 laga dengan catatkan 6 gol.

5. Dilansir dari Transfermarkt, market value Zaniolo meningkat drastis, dari dibeli Roma seharga 4 juta pounds, sekarang sudah menjadi 36 juta pounds.

3. Zaniolo musim ini bersama AS Roma bermain di 3 kompetisi berbeda yakni Serie A, Coppa Italia dan Champions League. Zaniolo catatkan 28 penampilan dengan cetak 5 gol dan 2 assist.

6. Zanilo adalah pemain termuda Roma yang mencetak tiga gol Serie A pertamanya untuk Roma, sejak Francesco Totti melakukannya di usia 18 tahun 6 bulan pada tahun 1995 silam.

Rekor Nicolo Zaniolo

7. Zaniolo catatkan rekor pada Champions League, karena menjadi pemain termuda yang mampu cetak 2 gol atau lebih disatu pertandingan Champions League.

8. Bermain bagus bersama Roma, Zaniolo banyak diincar klub-klub besar. Klub besar yang dimaksud ialah Real Madrid, Chelsea dan Juventus. Melihat banyaknya peminat, Roma pun langsung pagari pemain dengan kontrak hingga 2023.

Itulah fakta dan sisi lain dari karir Nicolo Zaniolo. Pada Minggu (24/03/19), Zaniolo besar kemungkinan lakoni debut dibawah asuhan Roberto Mancini. Zaniolo harus mampu menarik hati Mancini, pasalnya saingan Zaniolo dilini tengah yakni Barella, Cristante, Jorginho, Sensi dan Veratti. Patut dinantikan aksi debut dari Nicolo Zaniolo ditim nasional Italia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Buah Kena OTT KPK, Ini Reaksi Bos Krakatau Steel

Posted: 22 Mar 2019 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Krakatau Steel Tbk (KRAS), Silmy Karim‎ menyatakan, mendukung penegakan hukum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini seiring KPK telah menangkap salah satu direktur PT Krakatau Steel Tbk dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) pada Jumat 22 Maret 2019.

Silmy mengatakan prihatin, ‎sebagai pemimpin tertinggi di Karakatau Steel, ada anak buahnya yang diduga terlibat praktik pelanggaran hukum, sehingga ditangkap KPK.

"Saya prihatin dan menyesalkan ada anggota saya," kata Silmy, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

‎Silmy menuturkan, azas praduga tak bersalah memang harus ditegakkan. Dia pun menghormati proses hukum dan mendukung upaya KPK dalam menegakan hukum.

"Kita harus hormati proses hukum.  Kita dukung KPK dalam upaya penegakkan hukum," tutur dia.

Silmy menyatakan, sejak masuk BUMN telah berkomitmen untuk menegakkan good corporate governance (GCG), membangun profesionalisme dan praktik manajemen yang bebas dari konflik kepentingan.

"BUMN adalah Badan Usaha Milik Negara yang harus dijaga dari intervensi dan upaya pelemahan, termasuk pelemahan karena praktik korupsi," ujar dia.

 

OTT KPK

Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan memberikan keterangan pers terkait operasi tangkap tangan (OTT) Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan di Gedung KPK, Jumat (27/7). KPK menetapkan 4 tersangka GR, ZH (Zainuddin), ABN dan AA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada Jumat 22 Maret 2019 sekitar pukul 18.30 WIB, KPK menangkap empat orang, satu di antaranya disebutkan merupakan pejabat Krakatau Steel.

Diduga telah terjadi transaksi penerimaan uang dari pihak swasta untuk kepentingan proyek Krakatau Steel di daerah. Aliran dana dilakukan dalam mata uang rupiah maupun dolar secara tunai dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, keempat orang yang diamankan saat ini sudah berada di Gedung KPK. Informasi lebih lengkap akan disampaikan pada Sabtu 23 Maret sore melalui konferensi pers yang akan digelar di Gedung KPK.

"KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan tersebut," tutur Basaria.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liverpool - FC Porto Sepakat Tidak Naikkan Harga Tiket Liga Champions

Posted: 22 Mar 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidak seperti Manchester United dan Barcelona yang berseteru dengan harga tiket, Liverpool justru sukses bekerja sama dengan FC Porto. Kedua pihak sepakat tidak meningkatkan harga tiket bagi pendukung tim tamu.

Klub Inggris dikenal punya suporter dengan loyalitas tinggi dalam memberi dukungan. Bukan hanya di laga kandang, tapi juga tandang. Bukan hanya tandang di Inggris, tapi juga ketika melawan tim lain di pentas Eropa.

Namun, terkadang keinginan fans klub Inggris untuk mendukung timnya di laga tandang terganjal harga tiket yang mahal. Klub-klub tuan rumah acap kali mematok harga yang lebih mahal bagi suporter tim tamu saat melawan tim asal Inggris.

Liverpool akan berjumpa Porto pada babak perempat final Liga Champions musim 2018/2019. Laga leg pertama akan dimainkan di Anfield. Sementara, leg kedua di Estadio do Dragao akan digelar pada 18 April mendatang.

Semula, pihak Porto mematok tiket dengan harga 85 euro untuk suporter tamu. Angka tersebut setara dengan Rp 1,3 juta. Harga tersebut dinilai terlalu mahal bagi fans Liverpool yang akan datang ke Portugal.

 

Lobi Liverpool

Manajemen Livepool pun tidak tinggal diam dengan keluhan para suporter. The Reds langsung melakukan lobi pada Porto. Hasilnya pun sukses. Porto sepakat untuk menurunkan harga tiket untuk suporter tim tamu.

Suporter Liverpool hanya perlu membayar 60 euro, sekitar Rp 965 ribu untuk mendukung tim kesayangannya di Estadio do Dragao. Selain dengan pihak Porto, Liverpool juga menjalani negosiasi dengan UEFA demi mendapat potongan harga ini.

Pernyataan Liverpool

Penurunan harga tiket untuk suporter tim tamu mendapat sambutan yang hangat dari Liverpool. Mereka senang atas kesepakatan yang terjadi. Tim yang dilatih oleh Jurgen Klopp tersebut lantas mengucapkan terima kasih pada Porto yang bersedia bekerja sama untuk menurunkan tiket.

"Liverpool ingin mengucapkan terima kasih kepada Porto karena sudah bekerja sama dalam penentuan harga. Tim-tim Liga Champions lainnya juga harus bekerja sama dengan UEFA untuk negosiasi harga tiket yang adil bagi suporternya sepanjang kompetisi," ucap Liverpool di situs resmi klub.

"Dialog terkait batas harga tiket untuk tim tamu harus berlanjut. Sampai ada kesepakatan harga, Liverpool akan terus bekerja sama dengan tim lawan dan UEFA untuk mendiskusikan cara yang paling tepat untuk mengurangi biaya suporter saat tandang," sambung Liverpool.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Strategi Ma'ruf Amin Selama Kampanye Rapat Umum

Posted: 22 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjelaskan strategi yang bakal dipakai saat kampanye terbuka dalam bentuk rapat umum pada 24 Maret-13 April 2019.

"Ya prinsip-prinsipnya sama cuma kan lebih terbuka kita. Artinya ngajaknya itu ngajak kampanye kepada arah untuk memilih saya dan Pak Jokowi," ujar Ma'ruf di sela safari politik di Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat 22 Maret 2019. 

Ma'ruf akan fokus menyampaikan program dan keberhasilan petahana Joko Widodo atau Jokowi selama rapat umum. Selain itu juga membantah hoaks dan fitnah yang menyerang.

"Program tetap. Kemudian juga penangkalan terhadap hoaks, jangan percaya fitnah. Itu pasti di dalamnya tetap ada. Tapi lebih fokus pada arah untuk nanti memilih menusuk kepada paslon 01," kata Mustasyar PBNU itu.

Ma'ruf mengatakan, bakal membagi tugas dengan capres Jokowi. Sehingga tidak selalu hadir dalam satu kesempatan sama.

"Pasti umumnya tidak bareng. Mungkin ada titik-titik yang bareng atau tidak bareng. Saya belum tahu, nanti Tim Kampanye Nasional (TKN) yang mengatur kapan saya bareng," bebernya.

Rapat umum ini, Ma'ruf ingin mengkonsolidasikan unsur pemenangan supaya makin solid. Dari tingkat partai, sampai relawan-relawan.

"Ya tetap, artinya bagaimana mengoordinasikan antara partai-partai yang mungkin lebih dikoordinasikan. kemudian relawan, baik yang terdaftar maupun relawan lepas itu akan kita konsolidasi lebih kuat lagi," jelas Ketum MUI itu.

Berdasarkan jadwal kampanye yang diterima, Jokowi dan Ma'ruf bakal memulai kampanye bersama-sama di Tangerang Kota, Banten pada Minggu, 24 Maret.

Kemudian, Ma'ruf bakal menyambangi Jawa Tengah, Yogyakarta, DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Pada hari terakhir, Jokowi dan Ma'ruf Amin akan kembali bersama di DKI Jakarta.

Jaga Makan

Sementara itu, Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin juga terlihat hobi menyantap masakan ikan selama safari politik keliling Indonesia.

Seperti saat safari politik ke Samarinda, Kalimantan Timur, Ma'ruf secara khusus meminta kepada timnya untuk menyediakan nasi kuning dan ikan gabus sebagai santap pagi. Di Balikpapan, Mustasyar PBNU itu lahap makan ikan yang disajikan Ponpes Hidayatullah saat makan siang.

Ketua Majelis Ulama Indonesia itu mengaku sebetulnya ada pantangan makanan. Yaitu harus menghindari makanan berlemak dan kolesterol. Namun, sesekali Ma'ruf melanggar pantangan demi makanan yang dia inginkan.

"Ya dimakan tapi menghindari lemak-lemak, kolesterol. Kecuali ingin betul, sedikit dilanggar lah," ucap Ma'ruf seraya tertawa.

Ma'ruf juga mengaku tetap puasa seperti yang biasa dilakukannya. "Itu sih biasa aja. Artinya puasa, shalat hajat itu pekerjaan biasa rutin. Artinya bukan sesuatu yang baru," ucap dia.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Juara, MU Disarankan Andalkan Pemain Muda

Posted: 22 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Rio Ferdinand memberikan saran khusus jika MU ingin bersaing dalam perebutan gelar Liga Inggris musim depan. Legenda Setan Merah itu meminta klub lebih mengedepankan pemain muda.

MU tak pernah lagi juara Liga Inggris sejak Ferguson pensiun tahun 2012. Padahal MU sudah merekrut pelatih kaliber seperti Louis van Gaal dan Jose Mourinho untuk mengulangnya.

Sayangnya prestasi terbaik MU di Liga Inggris belakangan ini hanya finis di posisi kedua. Tepatnya pada musim lalu dan itupun tertinggal 11 poin dari sang juara, Manchester City.

Ferdinand merasa keberhasilan MU pada era Ferguson di Liga Inggris karena hadirnya pemain muda. Bahkan Ferguson dikenal sebagai manajer yang mampu mengorbitkan pemain bintang.

Hal inilah yang diharapkan Ferdinand jika Ole Gunnar Solskjaer menjadi manajer permanen.

 

 

Komentar Ferdinand

Strimer Manchester United (MU) Marcus Rashford merayakan gol ke gawang Brighton & Hove Albion pada lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (19/1/2019). (AP/Martin Rickett)

"Ferguson selalu membawa pemain muda yang lapar gelar. The Class of 92 adalah buktinya," kata Ferdinand seperti dilansir Evening Standard.

"Dia juga selalu memasukkan pemain muda setelahnya. Ia kombinasikan dengan pemain berpengalaman," katanya menambahkan.

"Pemain muda pasti ingin bersaing dengan pemain yang lebih tua. Dan persaingan inilah yang dibutuhkan MU untuk juara."

Jadwal

Bek Manchester United (MU) Victor Lindelof. (AFP/Oli Scarff)

Sabtu, 30 Maret

19.30 WIB, Fulham vs Man City

22.00 WIB, Brighton vs Southampton

22.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton

22.00 WIB, C Palace vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester City vs Bournemouth

22.00 WIB, MU vs Watford

Minggu, 31 Maret

00.30 WIB, West Ham vs Everton

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham

Selasa, 2 April

02.00 WIB, Arsenal vs Newcastle

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Park Bo Gum Kirim Pesan Penuh Cinta untuk Fans di Indonesia

Posted: 22 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada Jumat (22/3/2019) kemarin, Park Bo Gum menggelar konferensi pers sebagai "pemanasan" atas fan meeting yang akan digelar pada hari ini di The Kasablanka Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan

Event bertajuk 2019 Park Bo Gum Asia Tour Good Day in Jakarta yang digelar di lokasi yang sama dengan konferensi pers tersebut, menandai fan meeting kedua yang digelar sang aktor di Indonesia. 

Pria 25 tahun itu pun sudah tak sabar bertemu dengan para penggemarnya dalam acara yang dipromotori oleh Mecimapro ini. 

"Pastinya dukungan fans Indonesia yang begitu panas. Soalnya saya bisa merasakan energi yang luar biasa, enggak sabar juga menunggu (besok)," ujar Park Bo Gum saat jumpa pers.

Bersyukur

Park Bo Gum dalam konferensi pers di Kota Kasablanka (Agus Apriyanto/Kapanlagi.com)

Bisa kembali bertemu dengan fans Indonesia, Park Bo Gum pun menyampaikan pesan yang sangat menyentuh.

"Saya selalu berterima kasih dan bersyukur setelah dua tahun lamanya yang pasti tempat tinggal kita berbeda jauh, saya enggak bisa sering ke sini, enggak bisa setiap hari, tapi fans Indonesia selalu datang mencari ke sini itu luar biasa dan saya syukuri," cerita lawan main Song Hye Kyo di serial Encounter itu.

Pesan Romantis

Park Bo Gum dalam konferensi pers di Kota Kasablanka (Agus Apriyanto/Kapanlagi.com)

Ia pun berjanji akan memberikan penampilan yang terbaik untuk penggemarnya besok. "Walaupun bahasa kita berbeda, hati kita terkoneksi dengan baik. Pokoknya besok saya akan melakukan terbaik buat anda semua," janji Park Bo Gum.

Di akhir jumpa pers, Park Bo Gum pun membuat fans yang hadir heboh. Pasalnya, ia mengucapkan kalimat bahasa Indonesia yang bernada romantis. "Di mana engkau berada? Di sana ada cintaku," tuturnya seraya tersenyum.

(Kapanlagi.com/ Wulan Noviarina Anggraini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelaku Penembakan di Selandia Baru Terancam Penjara Seumur Hidup

Posted: 22 Mar 2019 08:18 PM PDT

Liputan6.com, Christchurch - Deputi Perdana Menteri Selandia Baru menyatakan lelaki bersenjata yang dituduh membunuh 50 orang dalam penembakan di dua masjid negara itu akan menghabiskan hidupnya di penjara. Ia juga menyerukan solidaritas untuk memberantas "ideologi yang dipenuhi kebencian."

Menurut laporan VOA Indonesia yang dikutip Sabtu (23/3/2019), Winston Peters berbicara pada sidang darurat komite eksekutif Organisasi Kerjasama Islam (OKI) yang diadakan Turki untuk mengatasi prasangka terhadap Muslim segera setelah penembakan di masjid Selandia Baru.

Kehadiran Peter berlangsung di tengah-tengah kontroversi yang dipicu Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Pada rapat-rapat kampanye pemilunya, ia memutar klip video serangan itu, meskipun Selandia Baru berupaya mencegah penyebarluasan video tersebut.

Erdogan juga menimbulkan kegusaran Australia karena komentar-komentarnya yang menyatakan bahwa warga Australia dan Selandia Baru yang memiliki sentimen anti-Muslim akan dikirim pulang dalam peti-peti mati, seperti leluhur mereka yang berperang melawan Turki dalam Pertempuran Gallipoli pada Perang Dunia I.

Peters menunjukkan nada berdamai pada hari Jumat, dengan menyambut baik komentar Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu. Pada konferensi akhir seusai pertemuan OKI tersebut, Cavusoglu mengatakan bahwa warga Australia dan Selandia Baru yang mengunjungi Turki akan disambut pada upacara peringatan Gallipoli bulan depan, dengan keramahan sambutan yang sama seperti biasanya.

Peters mengatakan, "Kami pulang ke Selandia baru dengan keyakinan bahwa warga kami akan datang ke sini untuk memperingati Anzac dan akan disambut sebagaimana biasanya."

Namun Peter mengatakan bahwa ia tidak membahas penggunaan rekaman video penembakan di Selandia Baru oleh Erdogan itu dengan menteri luar negeri atau presiden Turki, meskipun diperkirakan luas bahwa ia akan mengangkat isu tersebut.

Ia mengatakan tidak melihat ada manfaatnya mengemukakan masalah itu dan menambahkan bahwa pihaknya telah menerima informasi yang sangat meyakinkan dari presiden Turki.

 

Saksikan juga video terkait penembakan di Selandia Baru berikut ini:

Ini Cara RI, Australia, dan Selandia Baru Respons Tragedi

Seniman melukis mural bertulis

Teror penembakan di dua masjid di Christchurch, Selandia Baru yang dilakukan oleh seorang pelaku berideologi "supremasi kulit putih" menjadi pelajaran bukan hanya bagi Negeri Kiwi, namun negara-negara tetangga di sekitarnya.

Oleh karenanya, menteri luar negeri dari Indonesia, Australia dan Selandia Baru berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama dalam bidang dialog lintas agama. Tujuannya, guna mencegah agar tindak kekerasan dan terorisme serupa atau efek riak dari peristiwa itu tidak terjadi lagi di masa depan.

Hal itu ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam pertemuan bilateralnya dengan mitra setara dari Australia, Marise Payne dan Selandia Baru, Winston Peters, pada sela-sela dialog tingkat tinggi kerja sama Indo-Pasifik di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

"Kami bertiga berpandangan sama, mengutuk keras serangan itu," kata Menlu Retno.

"Dalam pembahasan saya bersama Payne dan Peters, kami menyadari bahwa dengan adanya tragedi tersebut (di Christchurch), semakin penting arti bagi kita dan negara di dunia untuk lebih meningkatkan lagi kerja sama di bidang dialog lintas agama, dialog toleransi, dan dialog yang menekankan pada penanaman rasa saling menghargai," jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan terpisah, Menlu Selandia Baru Winston Peters menekankan hal yang senada mengenai pentingnya toleransi dan saling menghargai

"Pada akhirnya, semua ini (teror di Christchurch) adalah sebuah tragedi menyedihkan bagi kemanusiaan dan tugas kita sekarang, para pemimpin dunia, adalah memberikan keyakinan pada masyarakat tentang moderasi, toleransi dan menghargai semua agama," kata Peters kepada wartawan di Jakarta.

Mengomentari hal yang sama, Menlu Australia Marise Payne, dalam keterangan pers tertulis kepada media dalam agenda dialog tingkat tinggi tersebut mengatakan bahwa tragedi Christchurch "mengingatkan kita tentang keharusan bagi semua untuk bekerjasama, guna menjadikan kawasan kita, kawasan Indo-Pasifik, damai, stabil dan makmur untuk semua."

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Final IBL Gim Kedua: Stapac vs Satria Muda

Posted: 22 Mar 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Final IBL Pertamax 2018-2019 gim kedua akan digelar nanti malam, Sabtu (23/3/2019). Stapac Jakarta akan gantian berperan sebagai tuan rumah menjamu juara bertahan Satria Muda Pertamina. 

Meski berasal dari Pluit, Jakarta Utara, Stapac memilih memainkan laga kandang di Bandung tepatnya di GOR C'tra Arena. Pasalnya sejumlah GOR di Jakarta sudah tidak ada yang tersedia di tangal 23 dan 24 Maret 2019.

Stapac berpeluang mengunci gelar juara IBL pada gim kedua. Pada saat dijamu Satria Muda di Britama Arena, Kamis (21/3/2019), Stapac berhasil menang 79-68 sehingga unggul 1-0.

Final IBL 2018-2019 memakai format best of three. Artinya tim yang merebut dua kemenangan akan dinobatkan sebagai juara.

 

 

Gim Kedua

Dengan demikian, Stapac akan menjadi juara jika menang lagi di gim kedua. Andai Satria Muda yang menang maka terpaksa akan diadakan gim ketiga.

Laga final gim kedua Stapac melawan Satria Muda ini rencananya akan disiarkan langsung tvOne.

Jadwal Final IBL

Ilustrasi Bola Basket (hdwallpapervault.com)

Jadwal Final IBL Gim Kedua

18.00 WIB, Stapac vs Satria Muda (Live tvOne)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontraknya Belum Diperpanjang Chelsea, Willian Mulai Gelisah

Posted: 22 Mar 2019 08:10 PM PDT

Jakarta - Willian dilanda kegelisahan. Penyerang sayap ganas Chelsea tersebut belum juga ditawari kontrak baru oleh kubu Stamford Bridge.

Willian yang didatangkan dari Shakhtar Donetsk beberapa tahun yang lalu, merupakan salah satu pemain andalan The Blues. Ia kerap menjadi pembeda bagi Chelsea. Baik di era Jose Mourinho, Antoni Conte, atau Mauricio Sarri itu

Setahun terakhir Willian santer dirumorkan bakal pindah klub. Pasalnya kontraknya hampir habis di London Barat dan belum ada tanda-tanda perpanjangan kontrak. Lama bungkam soal ini, pemain asal Brasil itu akhirnya buka suara.

Willian engaku cukup khawatir dengan situasi kontraknya saat ini. "Saya hanya punya satu tahun lagi dalam kontrak saya di Chelsea," buka Willian kepada Evening Standard.

Ia mengakui bahwa belum mendapatkan sinyal untuk diajak berunding mengenai masa depannya.

Secara blak-blakan Willian berharap manajemen Chelsea segera menawarkannya perpanjangan kontrak baru.

"Saya tidak tahu apakah mereka masih menginginkan saya, namun saya masih ingin melanjutkan karier saya di sini. Saya masih ingin bermain untuk klub ini."

Klub yang Spesial

Aksi Kevin De Bruyne lewati Willian pada laga final Carabao Cup 2019 yang berlangsung di stadon Wembley, London, Senin (25/2). Man City menang 4-3 atas Chelsea lewat drama adu penalti. (AFP/Glyn Kirk)

Willian menegaskan bahwa ia menjalani karir yang bahagia semenjak bergabung dengan Chelsea dan ia tidak ingin berpindah klub dalam waktu dekat.

"Klub ini sangat spesial bagi saya, karena saya memenangkan banyak gelar di tim ini. Saya mendapatkan cinta dari para fans dan orang-orang yang bekerja untuk klub ini."

"Saya merasa nyaman untuk bertahan di sini. Saya bahagia dan saya bermain baik dan mencetak gol. Saya juga masih bisa memberikan banyak hal untuk tim ini." ucap winger kelahiran 9 Agustus 1988 itu.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apa Istimewanya Lexus UX Terbaru?

Posted: 22 Mar 2019 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menghadirkan pilihan baru untuk pecinta sport utility vehicle (SUV) di Tanah Air, merek mewah Toyota resmi menghadirkan Lexus UX. Sebagai crossover mewah, model ini hadir dengan desain edgy yang elegan yang dikembangkan dari platform global terbaru garapan Chief Engineer, Chika Kako.

Dengan hobi sang perancang, yaitu berpetualang, membuatnya terinspirasi untuk mendesain mobil untuk wanita dan generasi muda urban yang aktif, dinamis, young, dan stylish. Namun, mobil ini juga mengedepankan kenyamanan, dan kemewahan dalam pengalaman berkendara.

"Bukan berkompromi, tapi berharmonisasi. Ini merupakan sinergi yang memacu terobosan dan membuka segala kemungkinan di luar imajinasi dalam menciptakan Lexus UX Series." ujar Kako dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Siluet Lexus UX didesain dengan cantik, dengan dilengkapi lampu signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan terobosan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal yang sangat attractive terutama di malam hari.

Tidak hanya keindahan kasat mata yang terlihat di eksterior Lexus UX, juga selalu diantisipasi dengan kemudahan-kemudahan yang semakin menunjang kenyamanan seperti halnya Power Back Door with Kick Sensor.

Lexus UX hadir di Indonesia dengan tiga tipe, yakni Lexus UX 200 bensin , tersedia dalam varian Sport dan Luxury.

Selanjutnya

Kemudian, Lexus UX 250h Hybrid, yang semuanya dilengkapi dengan teknologi mesin dan transmisi canggih untuk menciptakan konsumsi bahan bakar menjadi irit, ramah lingkungan, dan menghasilkan driving feel yang halus.

Dengan tenaga maksimum 183 Tk yang dihasilkan oleh Luxury Crossover ini merupakan yang terdepan di kelasnya.

Serta dimensi panjang 4.495mm, yang membuat Lexus UX mudah dan lincah menyusuri liku jalan perkotaan, serta memiliki ruangan yang cukup lapang untuk penggunanya.

Sistem suspensi Lexus UX dirancang sedemikian rupa untuk menjamin kenyamanan dan kestabilan dalam berkendara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direktur Krakatau Steel Kena OTT KPK, Ini Fakta-Faktanya

Posted: 22 Mar 2019 08:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan direktur Krakatau Steel lewat operasi senyap yang dilakukan, Jumat, 22 Maret 2019.

"Ya benar, tadi sore sekitar pukul 18.30 WIB tim KPK memang menemukan adanya dugaan transaksi pemberian uang pada salah satu Direktur BUMN dari pihak swasta," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan.

Penangkapan tersebut berawal dari laporan masyarakat tentang adanya rencana pemberian suap kepada direktur Krakatau Steel.

Berikut deretan fakta OTT KPK terhadap direktur Krakatau Steel:

Sita Sejumlah Uang

Ilustrasi Korupsi (iStockPhoto)

Dalam OTT tersebut, direktur PT Krakatau Steel diduga telah menerima suap dari pihak swasta yang pernah berkepentingan dengan salah satu proyek di BUMN. Bersama pelaku, KPK pun menyita sejumlah uang.

KPK juga menduga uang tersebut bukanlah yang pertama kali diberikan. Sebelum OTT diperkirakan ada uang tunai yang telah diterima direktur Krakatau Steel.

"Diduga sebagian uang telah diberikan secara cash dan yang lainnya menggunakan sarana perbankan," kata Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan, Jumat (22/3/2019).

Untuk besaran total uang yang diamankan, KPK mengaku belum bisa merinci berapa besarannya.

"Belum ada, sedang kami dalami juga indikasi transaksi, ada mekanisme yang digabungkan antara mekanisme cash dan perbankan," ungkap Juru Bicara Febri Diansyah.

Terkait Proyek Penelitian

Ilustrasi Korupsi (iStockPhoto)

Sementara itu, pihak swasta yang diduga memberikan suap kepada direktur PT Krakatau Steel, lanjut Febri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor.

Dia pernah terlibat proyek penelitian dengan BUMN itu.

"Dalam hal ini pihak kontraktor yang kami indikasikan sebelumnya pernah punya kerja sama dalam penelitian proyek dengan BUMN tersebut. Jadi, kaitan kepentingannya sejauh ini terkait dengan hal itu," ucap Febri.

Ditangkap di Rumah

Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan korupsi Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, Jakarta, Senin (30/4/). Dalam pengeledahan rumah Mustofa, KPK benyita sejumlah mobil dan uang sebesar 4 millyar. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

BSD City, Tangerang Selatan, Banten adalah lokasi tertangkapnya direktur Krakatau Steel. Dia ditangkap pada pukul 18.30 WIB.

"Kalau lokasi di BSD City, di rumah direktur tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Jumat seperti yang dilansir Antara.

KPK juga mengamankan tiga orang lainnya yang belakangan diketahui pegawai PT Krakatau Steel dan pihak swasta. Penangkapan tersebut tidak hanya dilakukan kawasan BSD City, tapi juga di Jakarta.

"Jadi, ada kegiatan tim di Jakarta dan Tangerang Selatan tepatnya di BSD City. Kami amankan total empat orang," kata Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (22/3/2019).

Status Hukum

Wakil Pimpinan KPK Basaria Panjaitan dan juru bicara, Febri Diansyah memberi keterangan pers terkait barang bukiti uang OTT Bupati Mesuji Khamami senilai Rp 1,2 M di gedung KPK, Jakarta, Kamis (24/1). KPK menetapkan 5 tersangka. (merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bicara soal status hukum direktur PT Krakatau Steel, rencananya, Sabtu (23/3/2019) sore ini, KPK akan menjelaskannya usai dilakukan pemeriksaan terhadap keempat pelaku atas dugaan suap terkait proyek penelitian.

"KPK memiliki waktu maksimal 24 jam untuk menentukan status hukum dari pihak-pihak yang diamankan tersebut," ujar Basaria, Jumat,22 Maret kemarin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vidio Targetkan 30 Juta Pengguna Aktif pada 2019

Posted: 22 Mar 2019 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi video on demand asal Indonesia, Vidio, bakal mulai giat menghadirkan original series atau konten eksklusif di platform-nya.

Hal ini sesuai dengan tiga fokus layanan Vidio pada 2019, yakni menghadirkan layanan video on demand, live streaming, dan tayangan berlangganan.

Tiga fokus layanan Vidio hadir sebagai strategi bagi platform over the top (OTT) lokal ini untuk menggaet jumlah pengguna aktif yang lebih tinggi di tahun ini.

Pasalnya, menurut CEO Vidio Sutanto Hartono, pada tahun 2018 jumlah pengguna aktif Vidio telah mencapai angka 20 juta pengguna aktif.

Bahkan saat momen Asian Games 2018 di mana Indonesia menjadi tuan rumah, jumlah pengguna Vidio mencapai angka 25 juta users. Hal ini karena Vidio secara ekslusif menghadirkan siaran langsung pertandingan-pertandingan olahraga Asian Games.

"Tahun ini kami menargetkan 30 juta pengguna aktif. Kami cukup yakin melihat milestone saat Asian Games. Aplikasi ini naik turun, saat Asian Games penggunanya bisa mencapai 25 juta users," kata Sutanto saat peluncuran Vidio Original Series berjudul Girls in the City di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Sutanto mengatakan, sepanjang 2018, Vidio menjadi platform yang begitu berkembang. Hal ini dibuktikan dengan jumlah play di Vidio, yakni sebanyak 2,1 miliar dan total durasi menonton tayangan video di Vidio selama 12,5 juta menit.

"Sejak dirilis pada 2015, kami ingin menjadi tujuan pertama bagi orang-orang untuk menemukan dan menonton video, karena konten yang kami kurasi memiliki kualitas tinggi," ujarnya menambahkan.

 

Hadirkan Konten-Konten Eksklusif

Peluncuran Vidio Original Series berjudul Girls in the City di Jakarta. Liputan6.com/Agustin Setyo W

Lebih lanjut, Deputi CEO Vidio Hermawan Sutanto mengatakan, untuk mencapai target tersebut pihaknya juga menghadirkan konten-konten yang eksklusif atau Vidio Original Series seperti Girls in the City.

Tidak hanya itu, Vidio juga menghadirkan tayangan live televisi dari 21 saluran TV, hingga video berbayar atau Vidio Premier dengan konten Indonesia, konten olahraga, konten drama Korea, dan mancanegara.

"Kekuatan kami ada di tayangan live TV, kenapa? Karena masih banyak yang menonton tayangan olahraga, atau tayangan sinetron meskipun menggunakan smartphone," tutur Hermawan.

Ia menambahkan, memang saat ini bisnis model platform OTT seperti Vidio relatif memiliki tantangan yang lebih banyak ketimbang televisi. Pasalnya, di televisi iklan lebih terjamin.

"Kalau OTT itu tantangannya kebiasaan masyarakat mengunduh aplikasi dan menjamin mereka untuk terus berlangganan itu belum terbentuk. Misalnya saja Spotify sampai saat ini masih mengedukasi pengguna. OTT memang baru tahap awal membiasakan pengguna berlangganan," kata Hermawan.

Bahkan, dia mencontohkan, di Amerika Serikat pun awalnya demikian sebelum tren video on demand menjamur seperti sekarang. Demikian pula dengan Tiongkok yang dahulu banyak sekali video bajakan.

"Namun kalau disajikan konten yang bagus, orang juga akan nyaman menontonnya. Mereka akan pindah (ke konten berbayar), kami yakin di Indonesia juga begitu," pungkasnya.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bisnis Modal Kecil Untung Besar yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Posted: 22 Mar 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketika punya keinginan untuk membangun sebuah bisnis, biasanya modal menjadi hal yang sangat penting.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa kita membutuhkan modal yang besar agar usaha bisa berjalan dengan baik. Agaknya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Membangun sebuah bisnis rumahan, tidak selalu membutuhkan modal yang besar kok.

Hal paling penting sebelum memulai bisnis, yaitu Anda harus menguasai pengetahuan tentang perencanaan bisnis yang matang, keinginan dan keyakinan kuat, serta sikap pantang menyerah.

Sekarang memiliki bisnis rumahan bukan lagi hal yang sulit untuk diwujudkan. Banyak sekali contoh usaha modal kecil untung besar yang bisa Anda lakukan di rumah.

Jangan khawatir jika Anda akan kekurangan modal, karena bisnis rumahan tidak perlu memerlukan modal yang besar, kok! Bisnis rumahan merupakan usaha kecil yang menjanjikan untuk Anda mendapatkan untung besar.

Kira-kira apa saja bisnis modal kecil untung besar yang bisa dilakukan di rumah? Nah, berikut informasinya untuk Anda, seperti dikutip dari TunaiKita:

Bisnis Modal Kecil Untung Besar untuk Anda

Semua orang pasti ingin mempunyai usaha sendiri, namun kebanyakan orang takut untuk memulainya karena yang namanya menjalankan sebuah bisnis, sudah pasti butuh modal.

Memang, setiap usaha memerlukan modal, tetapi tidak semua bisnis membutuhkan modal yang besar, lo.

1. Menjual menu sarapan

Banyaknya orang yang memiliki rutinitas pagi yang cukup padat, sehingga mengharuskan mereka berangkat ke kantor lebih awal agar tidak terlambat. Hal itu membuat mereka tidak punya waktu untuk menyiapkan sarapan, baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Nah, ini bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha yang sangat potensial. Anda bisa menawarkan menu sarapan, seperti bubur ayam, nasi uduk, lontong sayur, serta aneka gorengan dan kue basah.

Bahan-bahan yang diperlukan cukup terjangkau, sehingga tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Anda juga tidak perlu menyewa kedai atau rumah makan, cukup berjualan di depan rumah dan bermodalkan meja dan kursi saja.

2. Bisnis online

Ilustrasi bisnis online (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Beberapa tahun belakangan ini bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sangat booming. Pasalnya, menjalankan bisnis online tidak perlu modal yang besar.

Selain itu, bisnis ini pun sangat mudah untuk dilakukan, Anda bisa menjalankan bisnis online dimana saja. Yang dibutuhkan hanya device dan internet saja.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu bisnis dropshipping, menjadi blogger atau publisher, membuat toko online, bisnis afiliasi dan masih banyak lagi.

Bisnis online yang kebanyakan dilakukan masyarakat Indonesia biasanya melakukan sistem dropship. Ini sangat mudah dilakukan, karena Anda hanya perlu memasarkan produk dari penjual dan meneruskan pemesanan dan pembayaran dari pembeli ke penjual.

Meski tampak mudah, bisnis ini tidak bisa disepelekan. Sebagai dropshipper Anda harus memahami spesifikasi barang yang dijual, serta memilih supplier terpercaya. Karena, kualitas produk dan pelayanan supplier berdampak pada reputasi online shop Anda.

3. Jual pulsa elektrik

Siapa yang tidak menggunakan handphone, hampir semua orang memiliki smartphone dan sebagian besar penduduk Indonesia menggunakan kartu prabayar.

Nah, ini juga merupakan bisnis modal kecil untung besar yang bisa Anda lakukan. Selain tanpa modal yang besar, bisnis ini pun punya waktu yang fleksibel dan sangat mudah untuk dilakukan.

Anda hanya perlu mendaftar ke provider pulsa elektronik, kemudian melakukan deposit dari modal awal. Setelah itu Anda sudah bisa menjual pulsa elektronik dengan harga yang bisa memberikan keuntungan.

4. Bisnis fesyen

Ilustrasi memilih pakaian. (via: femmesplus.fr)

Industri fesyen memang tidak ada matinya, bisnis fesyen bisa dibilang sebagai bisnis yang sangat potensial setelah bisnis makanan.

Perkembangan dunia fesyen saat ini mengalami perkembangan yang pesat, dan mungkin akan terus terjadi di masa-masa yang akan datang.

Beragam jenis fesyen memiliki pasarnya masing-masing. Mulai dari fesyen anak, fesyen untuk orang dewasa, busana muslim, dan lain-lain.

Bisnis fesyen ini juga tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, cukup datang ke supplier baju terpercaya dengan modal Rp 3,5 juta Anda sudah bisa mulai berbisnis.

5. Bisnis aneka minuman

Selain usaha makanan, usaha minuman juga menarik untuk dicoba. Buatlah kreasi minuman yang Anda ciptakan. Misalnya, dengan menjual aneka campuran kopi kekinian, aneka minuman dengan coklat, bahkan jamu kekinian. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Dengan modal Rp 1 juta saja, sudah bisa berbisnis minuman teh Thailand.

Tips Bisnis Modal Kecil Untung Besar

Ilustrasi Gaji

Menjalankan suatu bisnis memang tidak semudah yang kita rencanakan. Terlebih lagi dengan modal yang tidak besar, kita harus cermat dalam mengatur uang tersebut.

Untuk itu, berikut tips untuk Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil.

1. Pintar mengelola uang

Dalam berbisnis, kekhawatiran soal uang terkadang dialami, terlebih pada bisnis modal kecil. Oleh karena itu, kemampuan mengelola uang harus dikuasai.

Meski Anda mengawali usaha secara kecil-kecilan, pastikan tetap luangkan waktu untuk mengatur dan mengevaluasi arus kas bisnis. Sebaiknya, hindari mencampur uang pribadi dan uang usaha dan pastikan strategi yang Anda pilih tepat untuk dijalani.

2. Fokus

Kunci sukses berbisnis untuk pemula adalah fokus. Dalam menekuni bisnis yang Anda pilih, sangat diperlukan untuk mencurahkan tenaga dan pikiran pada bisnis tersebut. Untuk itu, Anda harus fokus dalam menjalankan bisnis yang akan Anda mulai.

3. Tidak berhenti berinovasi dan tahu trend

Ilustrasi memilih pakaian. (via: grand.az)

Untuk terus mengikuti keinginan pasar, Anda dituntut untuk terus berinovasi. Karena sangat penting melakukan pembaruan produk agar pelanggan tidak beralih ke yang lain.

Oleh sebab itu, sebagai pengusaha Anda harus mengetahui trend yang ada. Tapi, ini bukan berarti harus selalu terbawa trend, melainkan melakukan inovasi agar tidak ketinggalan zaman dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

4. Jangan larut dalam kegagalan

Dalam berbisnis, modal bukanlah satu-satunya hal yang diperlukan. Tapi juga mindset dan mental sebagai pengusaha juga penting Anda miliki. Salah satunya adalah tidak mudah menyerah dan pantang larut dalam kegagalan.

Jika Anda larut dalam kegagalan, energi yang Anda punya akan terkuras untuk hal-hal negatif. Sehingga sulit untuk bangkit kembali. Untuk itu, yang ingin memulai bisnis tetap berusaha dan pantang menyerah, ya!

Nah, semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat dan menginspirasi Anda untuk memulai sebuah bisnis agar mempunyai gambaran ide usaha apa yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Selalu Mulus, Ini 6 Perjuangan Anak Milenial di Tempat Kerja

Posted: 22 Mar 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di kala lelah melanda, kita harus berjuang untuk melakukan sesuatu atau bertahan dengan apa yang terjadi. Bertahan dan berjuang untuk memenangkan atau mendapatkan sesuatu, namun berjuang juga harus dilakukan dalam dunia kerja.

Tak hanya orang-orang dewasa atau tua, generasi millenial juga perlu berjuang dalam pekerjaan. Dilansir dari Elitedaily.com, inilah 6 perjuangan mereka di tempat kerja :

1. Teman kantor yang cerewet

Bayangkan bagaimana kemacetan yang terjadi di hari senin pagi di Jakarta saat anda akan berangkat kerja, ada banyak hal yang perlu Anda kerjakan di tempat kerja, namun sebelum melakukannya kamu ingin meminum secangkir kopi untuk menenangkan pikiran dan emosi setelah menghadapi kemacetan.

Saat kamu hendak meminum kopi, tiba-tiba teman kantor kamu yang cerewet tidak berhenti berbicara bahkan dengan suara yang cukup kencang dan mengganggu ketenangan. Mencoba untuk tidak bertindak atau berkata kasar, namun melihat secangkir kopi. Kamu berkata dalam hati "sebentar lagi aku akan kesana, semoga saja yaa" dengan wajah mendamba.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

2. Memegang Akun Media Sosial Kantor

Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Kamu memegang akun media sosial kantor, kamu bisa membagikan hal-hal lucu seperti meme untuk semua pengikut. Bercanda tawa lewat media sosial, dan mendapatkan teman-teman Anda mengkomentari postingan kantor kamu, berinteraksi layaknya kalian tidak kenal secara pribadi.

3. Ingin memperpanjang waktu jalan-jalan

Mengambil waktu cuti atau melakukan suatu perjalanan bisnis, namun waktunya terlalu singkat. Sebagai generasi muda, generasi millenial ini mencoba membujuk atasan untuk memperpanjang waktu untuk sekedar berjalan-jalan, dan memanfaatkan kesempatan yang ada.

4. Memutar musik

Kehidupan kantor tidak selalu hening, terkadang ada kantor yang memutar musik untuk menghidupkan suasana. Ada saat di mana orang-orang sibuk berfikir mengenai pekerjaan dan kamu sibuk dengan pemikiran, bagaimana menguasai pemutar musik itu

5. Tidak ada yang mengerti

Menonton tayangan komedi via live streaming apalagi dilakukan secara mobile rawan bisa merusak mood.

Mecoba untuk melucu dengan mengirimkan pesan lucu atau meme, namun sayangnya tidak ada satupun yang tertawa atau bahkan mengerti dengan apa yang kamu kirimkan. Bertanya-tanya apakah ini mereka tidak ingin mendengar hal lucu atau memang kita yang garing.

6. Ketika kamu ingin kehidupan kantor seperti sebuah sitkom

Ingin suasana baru yang lebih hidup, kaum millenial menyukai sitkom. Tak hanya sitkom kamu juga menyukai FTV, sinetron atau film-film terbaru. Mencoba mengatakan dialog-dialog dari sitkom atau film yang kamu suka kepada teman kantor dan tertawa bersama.

Sebuah hal sepele dan mencoba untuk mendapatkan sesuatu dalam lingkungan kerja, apakah kalian pernah mengalami hal-hal ini?

Reporter

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Menjaga Cendrawasih dan Kakaktua Raja Hitam dari Pemburu Harta

Posted: 22 Mar 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Puluhan ekor burung dilindungi gagal diselundupkan dari Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, tujuan Malaysia. Empat orang pembawa unggas jenis Cendrawasih, Kakaktua Raja Hitam, serta Rangkong itu ditangkap petugas.

"Para pelaku penyelundup burung itu dalam perjalanan ke Pekanbaru untuk pengusutan lebih lanjut," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau Dian Indriati, Jumat (22/3/2019).

Dia menambahkan, dua primata jenis Owa Ungko juga disita dari dua mobil yang dibawa pelaku. Semua barang bukti dititipkan di kandang transit milik BBKSDA, Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru.

"Satwa dilindungi itu sudah diperiksa kesehatannya di klinik BBKSDA, identifikasi satwa juga dilakukan petugas," kata Dian.

Kasus ini juga dikoordinasikan dengan Seksi Wilayah II Balai Gakkum Wilayah Sumatera. Kabar terbaru, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Gakkum itu tengah menjemput para pelaku yang ditahan Bea Cukai Kota Dumai.

Penggagalan penyelundupan puluhan burung dan Owa Ungko itu dilakukan Bea Cukai Madya Pabean Dumai. Awalnya petugas mencurigai dua mobil di Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan, Pulau Rupat, Bengkalis.

Pengakuan pelaku, satwa-satwa dilindungi karena keberadaannya kian langka di alam liar itu dibawa dari Provinsi Lampung. Rencananya akan dijual ke Malaysia dengan harga fantastis, yaitu mencapai Rp 3 miliar.

Terpisah, Kepala Bea Cukai Dumai Fuad Fauzidi menyebut penangkapan dilakukan pada Kamis, 21 Maret 2019, pukul 11.30 WIB. Penangkapan juga dilakukan personel TNI dari angkatan laut Dumai.

"Kondisi satwa saat penangkapan terlihat sehat dan baik, cek kesehatan lebih lanjut nantinya dilakukan BBKSDA Riau karena diserahkan ke sana," ucap Fuad.

Pengakuan pelaku, ragam jenis burung itu dikumpulkan dari berbagai wilayah di Indonesia. Selanjutnya dikumpulkan di Jawa Timur, lalu dibawa ke Lampung melalui jalur darat.

"Dari Lampung dibawa ke Pulau Rupat, Bengkalis. Rencananya burung dibawa ke Malaysia memakai speed boat, sudah ada pemesan, nilai jualnya Rp 3 miliar," jelas Fuad.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Prilly Latuconsina jadi Generasi Milenial Berprestasi

Posted: 22 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aktris Prilly Latuconsina memberikan tips bagaimana menjadi generasi milenial berprestasi kepada seluruh peserta yang hadir di acara Talkshow Tokoh Milenial yang diselenggarakan di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Salemba 22, Jakarta Pusat, Jum'at (22/3/2019). 

"Prilly Latuconsina pada kesempatan ini kami undang sebagai Guest Star di acara ini, bukan karena statusnya sebagai artis saja melainkan sebagai salah seorang generasi milenial yang telah sukses dan berprestasi," ujar Cicih Nuraeni selaku ketua pelaksana kegiatan ini di lokasi acara.

Cicih menjelaskan bahwa pada acara ini Prilly didampingi oleh pembicara lainnya yaitu seorang pengusaha muda, Kawendra Lukistian yang juga telah sukses di usia muda.

Pada kesempatan itu Prilly Latuconsina menceritakan perjalanan karirnya dari awal hingga bisa dikenal oleh banyak orang seperti saat ini. Selain itu Prilly juga menjelaskan tips menjadi generasi milenial yang sukses dan berprestasi.

"Mungkin banyak orang mengenal saya hanya sebagai pemeran sinetron dan pemain film saja. Tetapi sebenarnya saya juga seorang mahasiswa, dan seorang entrepreneur bahkan saya sudah menerbitkan dua buku," jelas Prilly Latuconsina.

Prilly menambahkan bahwa saat ini sudah lebih dari 100 orang telah menjadi karyawannya di beberapa usaha yang dikelolanya seperti toko cakes, restoran dan beberapa usaha lainnya.

"Untuk menjadi generasi milenial yang berprestasi, kita harus memilki sikap multitasking. Karena saat ini sikap multitasking sangat dibutuhkan di era saat ini," ujar Prilly Latuconsina.

 

Tips

Prilly Latuconsina saat memberikan materi kepada generasi mileneal.

Selain multitasking, Prilly mengatakan bahwa tips untuk menjadi generasi milenial berprestasi adalah dengan bekerja keras, bekerja cerdas, bekerja tuntas dan bekerja ikhlas. 

"Untuk menjadi generasi milenial yang cerdas bukan hanya dengan mengedepankan nilai di pendidikan saja. Walau pendidikan memang penting tetapi bakat dan kerja keras juga menjadi penentu sukses atau tidaknya sesuatu yang kita kerjakan,"tambah Prilly.

 

Bakat

Gala premier dan preskon film Laundry Show (Nurwahyunan/Fimela.com)

Prilly pun mengungkapkan bahwa generasi milenial saat ini harus mengenali bakat yang ada pada dirinya dan harus berani menjadi seorang entrepreneur. Karena dari kedua hal itu akan generasi milenial saat ini dapat sukses dan memberikan manfaat untuk lingkungan di sekitarnya. 

"Dan kesuksesan generasi milenial saat ini haruslah juga memberikan manfaat untuk orang-orang disekitar kita. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang entrepreneur. Karena dengan menjadi entrepreneur kita dapat membuat lapangan kerja baru dan mengurangi jumlah pengangguran," pungkas Prilly Latuconsina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020

Posted: 22 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 tampil kurang mengesankan dalam laga perdana Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Garuda Muda takluk 0-4 melawan Thailand, Jumat (22/3/2019).

Berstatus sebagai juara Piala AFF U-23 2019, timnas Indonesia U-23 tampak kewalahan menghadapi Thailand. Sejak menit pertama, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan cenderung tampil bertahan.

Tak heran Thailand pun leluasa mengembangkan permainan. Mereka sukses mencetak gol melalui Shinnaphat Leeaoh, Supachai Jaided (dua gol), dan Supachok Sarachat.

Kekalahan membuat tugas timnas Indonesia U-23 untuk lolos semakin berat. Apalagi dalam laga kemarin Vietnam menang 6-0 atas Brunei Darussalam.

Berikut jadwal timnas Indonesia U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 selengkapnya:

 

Jadwal

Duel Timnas Thailand U-23 kontra Timnas Indonesia U-23  di laga pembuka Grup K Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019). (Bola.com/Dok. PSSI)

Minggu, 24 Maret 2019

Vietnam vs Timnas Indonesia U-23 (RCTI)

Pukul: 20.00 WIB

Selasa, 26 Maret 2019

Timnas Indonesia U-23 vs Brunei (RCTI)

Pukul: 17.00 WIB

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Sterling Cetak Hattrick, Inggris Lumat Ceko di Wambley

Posted: 22 Mar 2019 08:00 PM PDT

Penyerang Inggris, Harry Kane saat melakukan eksekusi penalti ke gawang Republik Ceko selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Kane mencetak satu gol di pertandingan tersebut. (AP Photo/Tim Irlandia)

Penyerang Inggris, Harry Kane saat melakukan eksekusi penalti ke gawang Republik Ceko selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Kane mencetak satu gol di pertandingan tersebut. (AP Photo/Tim Irlandia)

Gelandang Inggris, Dele Alli (tengah) menggiring bola dari kawalan dua pemain Republik Ceko selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Gelandang Inggris, Dele Alli (tengah) menggiring bola dari kawalan dua pemain Republik Ceko selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Bek Inggris, Ben Chilwell berusaha mengontrol bola selama pertandingan melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Bek Inggris, Ben Chilwell berusaha mengontrol bola selama pertandingan melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Bek Inggris, Kyle Walker berusaha melewati gelandang Republik Ceko, Patrik Schick selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Bek Inggris, Kyle Walker berusaha melewati gelandang Republik Ceko, Patrik Schick selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Pemain Inggris, Declan Rice berebut bola dengan pemain Republik Ceko, Ceko Matej Vydra selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Pemain Inggris, Declan Rice berebut bola dengan pemain Republik Ceko, Ceko Matej Vydra selama pertandingan grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Gelandang Inggris, Callum Hudson-Odoi menggiring bola selama bertanding melawan  Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Gelandang Inggris, Callum Hudson-Odoi menggiring bola selama bertanding melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Kiper Inggris, Jordan Pickford berusaha menepis bola selama bertanding melawan  Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

Kiper Inggris, Jordan Pickford berusaha menepis bola selama bertanding melawan Republik Ceko pada grup A babak kualifikasi Euro 2020 di stadion Wembley di London (22/3). Inggris menang telak atas Ceko 5-0. (AP Photo/Tim Irlandia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Ketika Butet Kartaredjasa dan Sujiwo Tejo Bersatu di Lakon Kanjeng Sepuh

Posted: 22 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Riuh rendah gelak tawa dan gelombang tepuk tangan memenuhi Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019 malam. Kala itu, lakon bertajuk Kanjeng Sepuh tengah beraksi, membuat emosi penonton naik-turun dengan kisah berbalut drama, komedi, juga romantisme.

Pertunjukan yang disutradarai Sujiwo Tejo ini tidak lepas dari peran penting trio seniman kreatif Butet Kartaredjasa, Agus Noor, dan Djaduk Ferianto. Mereka kembali memacu denyut seni pertunjukan lewat lakon yang termasuk dalam program Indonesia Kita 2019 ini.

Tak hanya sebagai sutradara, Sujiwo Tejo juga memainkan karakter Kanjeng Sepuh, sedangkan Butet Kartaredjasa memberi 'nyawa' pada tokoh Semar. Kisahnya pun disusun dengan apik dan memberi suguhan tak terduga.

Lakon Kanjeng Sepuh (Bambang E. Ros/Fimela.com)

"Ide-idenya dari diskusi sama Tejo lalu menyusun kisah, menemukan premis dasar cerita. Bagaimana kita mau ngomong kisah tentang orang tua, tapi apa yang menarik dari orang tua," kata Agus Noor selaku penulis naskah Kanjeng Sepuh kepada Liputan6.com usai pertunjukan, Sabtu, (23/3/2019) dini hari.

Sastrawan ini berusaha mengulik lebih dalam ketika orang tua dilihat dari dunia anak-anak. Penggambaran itu pula yang ditampilan di awal dan akhir lakon, menampilkan anak-anak dengan riang gembira bermain bersama.

"Orang tua dilihat dari dunia anak-anak seperti Little Prince, orang dewasa adalah orang yang bermasalah. Dunia ini punya masalah karena orang-orang kehilangan kegembiraan dan keriangan anak-anak. Semua jadi perhitungan kalkulatif bukan sebuah permainan," tambahnya.

Lakon Kanjeng Sepuh (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Lakon Kanjeng Sepuh sendiri mengolaborasi hal-hal yang kini tengah hangat dibicarakan. Meski begitu, tim lakon berupaya untuk mengolahnya menjadi sebuah suguhan pertunjukan yang menyenangkan dan gembira tanpa melihat adanya perbedaan dari berbagai sisi.

"Hidup ini sebuah kegembiraan, sebuah main-main yang serius hanya kematian. Kalau ada konteks hari ini pemilihan Presiden, perbedaan politik ya ayo kita nikmati sebagai satu permainan yang menyenangkan bersama di mana ada kegembiraan bersama," jelas Agus.

Ia menambahkan, permainan yang dapat membuat seseorang bahagia menikmatinya dan tidak benci, gembira, dan sedih secara berlebihan. "Semua menikmati dengan keriangan anak-anak. Ada permusuhan, besoknya ketawa-ketawa lagi," lanjutnya.

Lakon Kanjeng Sepuh (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Sementara, lakon Kanjeng Sepuh berkisah mengenai orang-orang yang merasa ditinggalkan karena usia mereka sudah tak muda lagi. Pada momen itu, seorang pemain wayang orang yang populer di masanya juga merasa kesepian.

Satu hari, pemain wayang menyebut ia didatangi Semar dan menyatakan diri sebagi titisan semar. Sang pemain wayang yang kesepian dianggap mencari perhatian oleh orang sekitar, ditambah tingkah Semar yang kekanak-kanakan.

Kanjeng Sepuh ditampilkan oleh deretan seniman juga pesohor negeri yang meliputi Sujiwo Tejo, Butet Kartaredjasa, Cak Lontong, Marwoto, Akbar, Yu Ningsih, Joned, Wisben, Soimah, Wulan Guritno, Endah Laras, Sahita, Rita Tila, dan lainnya.

Kolaborasi Rasa di Lakon Kanjeng Sepuh

Lakon Kanjeng Sepuh (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Lakon Kanjeng Sepuh menawarkan kisah yang menggali sisi lelucon yang dipadu drama, kesedihan, juga romantis. Hal tersebut pula telah diperhitungkan Agus Noor selaku penulis naskah.

Keseimbangan cerita tersebut ternyata menjadi satu kendala besar bagi sang sutradara, Sujiwo Tejo. Bukan tanpa alasan, tetapi bagaimana ia harus mengendalikan kolaborasi sedih dan juga dibumbui lelucon.

"Aku ingin perimbangan antara kesedihan sama ger-geran (tawa) itu kendala terbesar. Umumnya teman-teman mengandalkan ger-geran itu, nge-rem itu. Skalanya ger, sedih, ger, sedih, ger, sedih, terus puncaknya sedih," ungkap Sujiwo Tejo kepada Liputan6.com usai pertunjukan.

Sang budayawan dan tim telah melakukan persiapan lakon Kanjeng sepuh selama tiga bulan dengan beragam agenda di dalamnya.

"Persiapan tiga bulan, tapi efektif latihan dua minggu. Tiga bulan itu persiapan-persiapan naskah, artistik, pemilihan artis, pembuatan naskah, dan mengirim beberapa lagu," tambahnya.

Lakon Kanjeng Sepuh (Bambang E. Ros/Fimela.com)

Di sisi lain, Sujiwo Tejo tidak dapat menutupi antusiasme melihat semangat dan penampilan dari para pemain. "Saya terharu dengan teman-teman yang sudah all out. Saya kira Sahita dari Solo bermain sangat bagus," jelasnya.

Sementara, Kanjeng Sepuh juga dimeriahkan oleh EKI Dance Dompany, Bianglala Voice, dan lainnya. Pertunjukan pun didukung oleh Yosep Wahyu Tristiantoro, Kresna Wijaya, dan Kojack Kodrata sebagai penata tari, iringan musik yang ditata Bintang Indrianto, dan artistik dari Ong Hari Wahyu.

Kanjeng Sepuh dipentaskan selama dua hari yaitu pada 22-23 Maret 2019 di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta. Harga tiket terdiri atas empat kategori yakni Rp 750 ribu (Platinum), Rp 500 ribu (VVIP), Rp 300 ribu (VIP), dan Rp 150 ribu (Balkon).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Selidiki Penyerangan 5 Masjid di Birmingham

Posted: 22 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sedikitnya lima masjid di kota Birmingham mengalami penyerangan. Insiden tengah diselidiki kepolisian setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anak Juga Bisa Stres, Ini Cara Orangtua Mengatasinya

Posted: 22 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Siapa bilang anak-anak bebas dari stres? Sama seperti orang dewasa anak-anak juga bisa stres. Mulai dari  jadwal harian yang terlalu padat, persaingan di sekolah, hidup yang tergesa-gesa, masalah di rumah, berita yang mengerikan, dan orang tua yang stres hanya sebagian dari hal-hal yang bisa menyebabkan anak tertekan. 

Menurut psikolog anak yang merupakan Co-Founder Children Cafe Nuri Indira Dewi, orangtua harus menemukan solusi yang tepat bagi sang buah hati.

"Seperti kita, anak juga butuh waktu yang berkualitas untuk memulihkan dirinya dari tekanan yang dihadapi atau tuntutan sehari-hari terutama di hari-hari mereka bersekolah. Nah, akhir pekan atau weekend selalu jadi kesempatan baik untuk meredakan ketegangan mereka sekaligus mengembalikan energi yang terkuras akibat masalah dan penyebab stres tersebut," kata Nuri di Bandung ditulis Sabtu (23/3/2019).

Pada akhir pekan, banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan berbagai kegiatan  dengan riang gembira tanpa harus merogoh ongkos yang besar. Selain me-restart ulang energi anak, juga meningkatkan keintiman dengan orang tua.

Terdapat beberapa aktivitas yang dapat dipilih untuk anak di akhir pekan. Hal itu disesuaikan dengan rentang usia mereka.

Usia 1-3 tahun

Untuk usia 1-3 tahun, anak senang sekali mengeksplorasi lingkungan dan memanipulasi obyek apapun yang ada disekitarnya. Sehingga hampir semua obyek bisa dijadikan sarana bermain bagi mereka. Contoh yang mudah yakni berkebun, bermain air dengan menyiram tanaman, atau bermain warna dengan membuat cap tangan atau kaki di selembar kain kanvas.

"Selain menyenangkan, kegiatan-kegiatan ini juga menstimulasi indera dan meningkatkan inisiatif," ujar Nuri.

 

 

Ilustrasi/copyright pixabay.com

Usia 3-6 tahun

Sementara anak di usia 3-6 tahun, suka meniru apa yang kita lakukan dan mulai mengembangkan hubungan sosial dengan anak-anak lain. Kegiatan memasak bersama bisa jadi sesuatu yang menyenangkan bagi mereka.

Bahkan, berdandan bersama ibu juga dapat dilakukan oleh anak perempuan. Untuk anak laki-laki, kita bisa mengajaknya 'membangun' ruang kokpit pesawat dan berperan menjadi pilot atau membuat kapal-kapalan dari tumpukan bantal dan menjadi bajak laut. 

"Untuk kegiatan diluar rumah, kita bisa mengajak anak berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah dan biarkan ia bermain dengan anak-anak lainnya," jelas Nuri.

 

Usia 6-11 tahun

Nuri mengatakan di usia 6-11 tahun pada umumnya semakin banyak hal yang ingin diketahui oleh kelompok anak-anak usia ini. Mengajak mereka ke taman bacaan atau perpustakaan umum dapat meningkatkan kegemaran membaca dan membuka wawasan mereka. 

Dapat pula, mereka diajak ke tempat-tempat umum yang menarik seperti pasar, kantor pos, museum, stadion olahraga, stasiun, dan lain-lain yang akan memperkaya pengalaman mereka. Selain itu, kegiatan menciptakan sesuatu juga sesuai untuk mereka, misalnya membuat proyek seni atau sains bersama.

 

 

Remaja

Ilustrasi remaja stres (iStockphoto)

 

"Beda halnya bagi anak usia 12-18 tahun atau remaja. Biasanya punya kegiatan sendiri untuk mengisi weekend bersama teman-temannya," tukas Nuri.

Namun ada baiknya meluangkan waktu minimal dua kali per bulan untuk mengajak mereka berakhir pekan bersama keluarga. Tanyakan pada remaja apa yang ingin mereka lakukan dan jangan ragu untuk bergabung, misalnya menonton film terbaru, berkaraoke bersama atau ikut melakukan hobi mereka, misalnya bermain musik. 

Tentu saja seluruh kegiatan tersebut juga dapat dilakukan dirumah dalam suasana yang lebih akrab dan hangat. Masih banyak lagi kegiatan akhir pekan yang bisa dilakukan. Tentunya dengan tetap mempertimbangkan usia dan minat mereka. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Melayat ke Rumah Duka Wakil Direktur Relawan TKN di Yogyakarta

Posted: 22 Mar 2019 07:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi melayat ke rumah duka Wakil Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Muhammad Yamin, di Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Jokowi didampingi sang istri Iriana, dan Seskab Pramono Anung dan istri tiba di rumah duka di Kompleks Batan, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Sabtu (23/3/2019 )sekitar pukul 08.25 WIB.

"Innalillahi wainna illaihi rojiun, telah berpulang ke Allah SWT, bapak M Yamin yang merupakan ketua relawan kita dan kita tidak menyangka memang sebelumnya kalau kita melihat dalam rapat sehat saja," kata Jokowi seusai melayat di rumah duka.

Muhammad Yamin meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Plumbon Majalengka, Jawa Barat, pada Jumat 22 Maret 2019. Jenazah Muhammad Yamin lalu dibawa melalui perjalanan darat.

"Tapi sudah menjadi kehendak Allah. Keluarga besar kita menyampaikan ikut belasungkawa atas meninggalnya bapak M Yamin dan semoga keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan," tambah capres petahana itu seperti dilansir dari Antara.

Jokowi mengatakan, Yamin adalah sosok pekerja keras. "Almarhum rajin, pekerja keras dalam setiap acara apapun beliau selalu hadir," ungkap Jokowi. Dia mengaku terakhir bertemu Yamin dua pekan lalu.

Kabar Duka

Sebelumnya, Direktur Relawan TKN Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, Maman Imannulhaq menyampaikan kabar duka mengenai meninggalnya Muhammad Yamin tersebut.

Maman Imanulhaq dalam pesannya menyebutkan, "Innalillahi wainnailaihi roji'un. Telah berpulang ke rahmatullah pada hari ini, Jumat, 22 Maret 2019, Wakil Direktur Relawan TKN Jokowi-Amin, Muhammad Yamin, di RS Mitra Plumbon Majalengka Jawa Barat dan akan dibawa ke rumah duka di Yogyakarta".

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga mengucapkan, "Semoga rahmat dan magfirah dari Allah SWT terlimpah kepada almarhum yang telah berjuang dengan penuh cinta kasih, dedikasi, dan loyalitas demi Indonesia yang berdaulat dan maju".

Maman juga mengingatkan semua relawan agar memanjatkan doa khusus untuk almarhum.

"Kita sangat kehilangan sosok tokoh senior, pemimpin yang penuh semangat, mengayomi, dan penuh kasih sayang," katanya.

Maman tidak menyebutkan apa penyakit Muhammad Yamin sebelum meninggal dunia.

Anggota Komisi VIII DPR itu juga mengingatkan para relawan untuk tetap semangat dan meneruskan perjuangan yang telah ditularkan Muhammad Yamin dalam upaya memenangkan pasangan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada Pemilihan Presiden 2019. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Nyesek Sampai Ajaib, 6 Perasaan Ini yang Netizen Alami Gara-Gara Twitter

Posted: 22 Mar 2019 07:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa di antara kamu yang kalau lagi ada waktu senggang, langsung buka media sosial? Hampir setiap orang, di kala waktu senggang membuka media sosialnya. Media sosial ibarat teman setia di kala bosan. 

Memang tidak bisa dipungkiri, bermain media sosial menjadi hal menyenangkan. Ada berbagai macam informasi, hiburan dan hal lainnya yang bisa kamu dapatkan. Bahkan jika kamu pintar mengelola, media sosial tersebut bisa bisa menjadi pundi-pundi uangmu lho.

Salah satu media sosial yang masih ramai oleh peminatnya ialah Twitter. Twitter dinilai kebanyakan orang sebagai tempat berkeluh kesah terbaik di banding media sosial lainnya.  Kamu sebagai pengguna Twitter setuju enggak nih?

Baru-baru ini tagar #garagaratwitter sempat ramai di linimasa. Banyak netizen yang melontarkan guyonan karena keberadaan Twitter. Ada yang merasa bersyukur, ada yang nyesek dan ada yang ajaib.

Nah, penasaran kan apa yang dirasakan netizen gara-gara twitter? Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/3/2019).

 

Hal yang Netizen Rasakan Gara-Gara Bermain Twitter

1. Bermanfaat sekali, Twitter mengingatkan biar enggak buat dosa nih

Gara-gara twitter (Sumber: Twitter/@hnftul)

2. Budak cinta mana suaranya?

Gara-gara twitter (Sumber: Twitter/@tpakulebihmanis)

3. Warga sobat miskin merajalela di Twitter

Gara-gara twitter (Sumber: Twitter/@achiecuy)

Hal yang Netizen Rasakan Gara-Gara Bermain Twitter

4. Hemat adalah kunci anak Twitter

Gara-gara twitter (Sumber: Twitter/@nanabeexxx)

5. Terima kasih Twitter, telah mempertemukan dengan seseorang.

Gara-gara twitter (Sumber: Twitter/@Satriaeetama)

6. Puk-puk, jangan sedih nak..

Gara-gara twitter (Sumber: Twitter/@finoarahmaf)

Nah, itu dia 6 perasaan yang dialami netizen gara-gara media sosial bergambar burung ini. Kalau kamu ada enggak nih yang kamu rasakan gara-gara bermain Twitter?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Performa Vinicius bersama Real Madrid Bikin Terkejut Banyak Orang

Posted: 22 Mar 2019 07:50 PM PDT

Jakarta Direktur Olahraga Federasi Sepak Bola Brasil (CBF), Edu Gaspar, memuji penampilan Vinicius Junior bersama Real Madrid. Menurutnya, performa Vinicius mampu mengejutkan banyak pihak.

Winger asal Brasil itu bergabung dengan El Real pada bursa transfer awal musim ini. Vinicius Junior dibeli dari Flamengo dengan harga 45 juta euro (Rp 725 miliar).

Pada awal musim, Vinicius hanya bermain untuk Real Madrid Castilla. Namun perlahan, dia masuk ke tim utama Madrid. Pada era kepelatihan Santiago Solari, Vinicius lebih sering dimainkan dibanding Marco Asensio.

Pemain 18 tahun itu mampu tampil cukup impresif. Sejauh ini, Vinicius Junior telah mendulang tiga gol dan 12 assist dari 28 pertandingan yang sudah dijalani bersama Real Madrid.

"Tentu saja, performa Vinicius membuat kami terkejut. Bukan hanya karena dia bermain, tetapi karena dia menjadi tumpuan bagi tim pada saat usianya baru 18 tahun. Selain itu, dia juga cukup percaya diri," ucap Edu kepada Marca.

"Secara pribadi, dia membuat saya terkejut. Saya mengerti sepak bola Eropa karena saya pernah berada di sana selama bertahun-tahun, dan saya tahu betapa sulit melakukan apa yang dia lakukan. Bermain di Real Madrid sangat sulit," ucap eks pemain Arsenal tersebut.

Dipanggil Perkuat Timnas Brasil

Striker Real Madrid asal Brasil, Vinicius Junior. (AFP/Javier Soriano)

Setelah bermain bagus bersama Real Madrid, Vinicius Junior kini mendapat panggilan memperkuat timnas Brasil. Akan tetapi, pelatih tim Samba, Tite, belum juga memanggil Vinicius untuk ambil bagian dalam laga uji coba kontra Panama, Sabtu (23/3/2019).

Edu merasa ada alasan khusus mengapa Tite tidak memanggil Vinicius ke timnas Brasil. Sebab, tim pelatih tidak ingin memberikan tekanan yang terlalu besar kepada Vinicius.

"Kami ingin Vinicius tetap dalam situasi yang tenang. Dia sudah bermain bagus untuk Real Madrid dan semua orang sekarang membicarakannya. Tetapi, kami tidak ingin menciptakan harapan yang berlebih untuk pemain berusia 18 tahun," tandas Edu.

Saat ini, Vinicius Junior tengah dibekap cedera lutut. Cedera itu didapat Vinicius ketika Real Madrid menelan kekalahan 1-4 dari Ajax Amsterdam pada laga leg kedua 16 besar Liga Champions, 7 Februari 2019.

Sumber: Bola.net

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: