Senin, 18 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Detik-Detik Egg Boy Lembar Telur ke Senator Fraser Anning

Posted: 18 Mar 2019 10:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Video viral seorang pemuda bernama Will Connolly alias egg boy melempar telur ke kepala senator Fraser Anning yang beredar di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram masih menuai perhatian warganet.

Aksi remaja 17 tahun yang disebut dengan egg boy itu mendapatkan pujian dari warganet di Indonesia.

Berikut detik-detik pelemparan telur ke kepala senator Fraser Anning dalam bentuk video yang banyak beredar di internet.

Sebelumnya, seorang remaja bernama Will Connolly itu telah memukulkan sebuah telur ke kepala Fraser Anning saat sang senator tengah melakukan wawancara. 

Egg boy melakukan aksi tersebut sebagai tanda reaksi kekesalannya atas pernyataan Anning yang dianggap tidak berempati kepada korban penembakan masjid Selandia Baru.

Akun Twitter Diduga Ditangguhkan

Will Connolly, bocah berjuluk Egg Boy, yang melemparkan telur ke senator Australia (AP Photo)

Akun Twitter yang diduga milik bocah Australia pelempar telur ke kepala senator Fraser Anning diduga telah ditangguhkan.

Identitas remaja itu mulanya diketahui berkat akun Instagram-nya, Will Connolly. Iapun disorot oleh media dan internet dengan sebutan "egg boy".

Namun, pada Minggu, 17 Maret 2019, akun Twitter dengan namanya diblokir dari platform microblogging tersebut. Demikian seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Huffington Post, Senin (18/3/2019).

Sejumlah pengguna media sosial pun mempertanyakan apa alasan Twitter memblokir akun egg boy.

Akun Masih Aktif

Sementara, akun Twitter milik Anning masih aktif meskipun dirinya memberikan pernyataan kontroversial terkait dengan penembakan keji itu.

Senator Anning sendiri sebelumnya diketahui mencuitkan komentar kontroversial terkait dengan penembakan jamaah di masjid Selandia Baru.

Alih-alih mengutuk teror yang dilakukan, Anning malah menyebut Islam-lah yang bertanggung jawab atas kejadian itu.

(Tin/Isk)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Pomade Beserta Fungsinya, Pilih yang Sesuai dengan Jenis Rambutmu

Posted: 18 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak hanya fashion, tren penataan rambut pria pun berubah seiring berjalannya waktu. Bagaimanapun, pria juga memikirkan penataan rambut yang sesuai dengan tren, gaya hidup serta karakter mereka agar bisa tampil menarik.

Setiap orang pasti memiliki caranya berpenampilan masing-masing. Nah, persoalan penampilan, tak hanya perempuan yang selalu sibuk dan detail dalam menatanya sebaik mungkin. Laki-laki juga ternyata tak mau kalah dengan kaum Hawa khusus persoalan penampilan ini. Khususnya pada bagian rambut. Ternyata para lelaki bisa sama ribetnya dengan perempuan untuk persoalan ini.

Soal penampilan rambut, para lelaki diam-diam juga mengikuti tren rambut yang sedang hits dan populer, loh. Apalagi pada saat tren rambut klimis dengan hasil sisir yang rapi, yang pernah booming pada beberapa waktu lalu. Seakan-akan para lelaki ingin mencoba tren model rambut kekinian tersebut.

Tahu nggak sih, ternyata tren rambut klimis dan rapi pada waktu itu berkat pomade. Dilansir dari Cool Men's, pomade merupakan suatu produk kosmetik laki-laki yang digunakan untuk membentuk rambut. Istilah pomade sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu pomum yang berarti apel.

Pomade sendiri merupakan varian dari minyak rambut bagi kaum laki-laki. Mereka yang menggunakan pomade biasanya digunakan oleh kalangan anak muda yang senang bergaya.

Berkat ketenarannya, banyak pomade yang dijual di barber shop ataupun toko online. Nah, untuk lebih jauh membahas tentang pomade, kali ini Liputan6.com, Senin (18/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber, tentang pomade, jenis pomade serta fungsinya yang perlu Anda ketahui.

Mengenal Pomade

Jenis Pomade (Sumber: Pixabay)

Pada awal mulanya, bahan dasar pomade memang berasal dari buah apel yang dihancurkan dan digunakan sebagai salep untuk rambut. Kemudian pada abad 19, bahan dasar pomade biasanya merupakan minyak beruang. Di awal abad ke 20, sudah mulai banyak pomade yang diciptakan dengan bahan dasar minyak.

Pada era inilah mulai banyak perusahaan pomade seperti Murray's, Brylcream dan Royal Crown Hair Dressing muncul. Pada saat ini pun produk dari merk-merk tersebut masih dapat dengan mudah dijumpai.

Pada awalnya, pomade hanya digunakan oleh kalangan bangsawan di abad ke 18. Seiring dengan berjalannya waktu, kalangan pengguna pomade menjadi semakin luas. Kejayaan pomade baru pun dimulai pada dekade 1950-an. Ketika itu gaya rambut yang sedang tren adalah pompadous seperti yang digunakan oleh James Dean dan Elvis Presley. Nah, tren penggunaan pomade mengalami penurunan semenjak tahun 1960-an, hingga akhirnya kini menjadi tren lagi dan banyak digunakan oleh orang-orang. Kembali berjaya, saat ini pomade banyak digunakan kembali oleh para pecinta style kekinian.

Jenis Pomade

Pomade memang memberikan hasil yang ciamik untuk rambut Anda. Kesan klimis dan rapih akan anda dapatkan setelah menggunakan pomade. Namun perlu diketahui, kalau ternyata Anda perlu ketahui jenis pomade yang sesuai dengan rambut, loh.

Ya, kalau Anda salah dalam memilih jenis pomade, maka yang terjadi adalah gaya rambut yang diinginkan tak akan sesuai dengan ekpektasi. Oleh karena itu, sebelum membeli dan menggunakan pomade, Anda perlu mengenali lebih jauh dulu jenis pomade yang cocok untuk rambut Anda.

Berikut beberapa jenis pomade yang perlu Anda ketahui sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pomade Berbahan Dasar Minyak

Jenis Pomade (sumber: iStock)

Jenis pomade ini berbahan dasar minyak. Kalau Anda lebih sering beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya melapisi rambut dengan pomade ini. Gunanya untuk mempertahankan tatanan rambut agar lebih tahan lama. Soalnya, cuaca di luar ruangan rawan menghasilkan keringat. Pomade yang berbahan dasar minyak ini mampu membuat tatanan rambut tetap bertahan meski kepala berkeringat, bahkan saat hujan sekalipun.

Terdapat kelebihan serta kekurangan pada pomade ini. Kelemahannya adalah rambut jadi sulit dibersihkan, sehingga harus mengulang pemberian shampoo beberapa kali saat keramas. Anda perlu mengulanginya sampai rasa lengket dan berminyak hilang atau berkurang. Kalau Anda merasa repot dengan pomade jenis ini, saat ini sudah ada Water Based Pomade atau pomade dengan bahan dasar air.

Kalau Anda memiliki jenis rambut yang susah diatur, rambut panjang, dan rambut yang tebal bisa diatur dengan menggunakan pomade jenis ini.

Pomade yang sesuai dengan jenis rambut

Pomade Berbahan Dasar Air

Pomade water based merupakan jenis pomade yang memiliki bahan dasar air. Nah, bahan air pada pomade tidak memiliki kekuatan seperti jenis pomade oil based. Namun, yang menjadi keunggulan dari jenis pomade ini adalah lebih mengkilap dibandingkan dengan pomade lainnya.

Kelebihannya, jenis pomade ini lebih mudah dibersihkan dan Anda hanya perlu keramas satu kali saja. Namun kekurangannya, pomade jenis ini memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan dengan oil based. Jadi saat kepala Anda berkeringat atau terkena hujan, pomade bisa luntur dan rambut akan kembali seperti semula.

Jenis pomade ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya untuk nongkrong, kuliah, dan kegiatan sejenis lainnya. Kalau Anda memiliki jenis rambut yang panjang atau tebal, tidak disarankan untuk menggunakan pomade jenis ini.

Pomade Berbahan Dasar Campuran Air dan Minyak

Pomade mix based merupakan jenis pomade yang memiliki bahan dasar campiran antara minyak dan air. Pomade ini memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis water based, dan lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis oil based.

Pomade jenis ini memberikan hasil yang tidak terlalu berkilau. Namun jenis pomade ini akan memberikan kesan yang lebih alami dibandingkan dengan jenis pomade lainnya. Kalau Anda memiliki kegiatan yang tak terlalu berat, jenis pomade ini sangat direkomendasikan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Syarat Khusus Ussy Sulistiawaty untuk Model Pria di Videoklip Terbaru

Posted: 18 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty akhirnya menelurkan single baru. Setelah vakum lebih dari 2 tahun, istri presenter Andhika Pratama ini kembali masuk dapur rekaman. 

Single terbaru Ussy Sulistiawaty, HADIJA atau "Hanya Dirimu Saja", diluncurkan ke publik, akhir pekan lalu. Ussy memproduksi sendiri lagu itu dan duduk sebagai produser.

"Aku mengurus semuanya sendiri. Bukan nggak percaya label company tapi memang ingin lebih mengeksplorasi saja," ungkap Ussy Sulistiawaty di syukuran peluncuran single HADIJA di Lurik Cafe, Kemang Village, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu. 

Setelah puas membuka beberapa rumah makan, rupanya Ussy Sulistiawaty seperti kembali ke khittah.

"Ya dulu orang kenal aku sebagai penyanyi juga kan. Tapi, kemarin-kemarin lagi konsentrasi di bisnis," kata Ussy Sulistiawaty yang punya beberapa bisnis kuliner seperti Lurik Cafe, Bakoel Ussy dan Yummieh Ussy serta produsen kosmetika Dissy.

Model Klip

Menjadi produser membuat Ussy Sulistyawati merancang sendiri semua elemen konsep single terbarunnya. Termasuk menentukan model video klip. Kepada sutradara, Darius, Ussy berpesan agar memilih lawan aktingnya di klip yang manly "Aku bilang ke Darius tolong cari yang bener-bener laki ya," kata Ussy sambil tergelak. 

 

Tak Sesuai Harapan

Ussy Sulistiawaty meluncurkan single bertajuk HADIJA (Hanya Dirimu Saja) (Kapanlagi.com)

"Dan, saya harus menyortir lagi karena 8 dari kandidat yang saya sodorkan ke Ussy tak sesuai harapannya," kata Darius disambut tawa Ussy. Maka, terpilihlah seorang anggota polisi yang menjadi model klip Ussy Sulistyawati dalam judul lagu HADIJA itu.

Adegan Mesra

Andhika Pratama - Ussy Sulistiawaty (Daniel Kampua/Fimela.com)

"Dikemas ala drama Korea. Dia anggota kepolisian tapi bagus juga aktingnya. Pernah main sinetron kalau nggak salah," kata Ussy.

Menggandeng model itu dilakukan Ussy karena jadwal sang suami, Andhika Pratama, tidak ketemu dengan target proyek terbarunya ini. "Jadi Andhika sudah merelakan saya beradegan dengan model itu, hahaha," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-ciri Kucing Stres, Perhatikan Tingkah Lakunya dan Ketahui Sejak Dini

Posted: 18 Mar 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan hewan yang kerap menjadi pilihan hewan peliharaan banyak orang. Tingkahnya yang aktif dan menggemaskan membuat hewan yang berkerabat dengan macan dan singa ini begitu dicintai. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa memelihara kucing dapat menghilangkan stres pada pemiliknya. Namun, apa jadinya jika si kucing yang justru mengalami stres?

Anda sebagai majikan yang baik pasti tak ingin kucing kesayangan Anda mengalami stres berkepanjangan. Stresnya kucing dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti pergantian tempat tinggal, pergantian menu makanan, sehabis bepergian jauh, adanya hewan lain di rumah, dan masih banyak lagi.

Kucing bisa menjadi makhluk yang sangat sensitif dan sering cemas atau frustrasi dengan hal-hal yang terjadi di sekitar mereka, atau dengan cara orang berinteraksi dengan mereka.

Kucing peliharaan bisa sangat pandai menyembunyikan tanda-tanda bahwa mereka stres atau kesakitan. Hal ini merupakan sifat alami kucing, karena di alam liar terlihat lemah akan membuatnya menjadi target yang lebih mudah diburu oleh predator.

Ada beberapa ciri-ciri kucing stres yang dapat Anda lihat saat kucing Anda sedang dalam keadaan tak baik. Berikut ciri-ciri kucing stres yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (19/3/2019).

Ciri-ciri kucing stres dilihat dari fisik

(Sumber: iStockphoto)

1. Diare, sembelit, atau masalah pencernaan lainnya

Ini adalah situasi yang bisa menjadi indikasi beberapa hal seperti makanan yang tidak cocok atau kucing menelan makanan yang tak seharusnya. Stres yang dialami kucing akan berpengaruh pada kesehatan dan membuatnya rentan terserang penyakit.

Sebaiknya jangan biarkan kondisi ini begitu saja, segera kunjungi dokter hewan untuk mengetahui penyebab dan solusi dari masalah ini.

2. Kebotakan

Kucing yang stres akan cenderung melakukan grooming berlebihan. Akibatnya banyak bulunya yang rontok bahkan hingga kucing mengalami kebotakan pada bulunya.

3. Hidung dan mata berair

Stres pada kucing dapat menyebabkan kucing mudah terserang penyakit, seperti flu. Akibatnya hidung dan mata akan terlihat berair. Selain itu geraknya akan sangat terbatas dan mudah lesu dan bosan.

4. Berat badan

Penurunan atau penambahan berat badan secara tiba-tiba merupakan salah satu ciri-ciri kucing stres. Seperti manusia yang terkena stres, kucing juga akan mengalami masalah berat badan.

 

Ciri-ciri kucing stres dari perilakunya

(Sumber: iStockphoto)

1. Kencing sembarangan

Kucing yang buang air kecil di luar kotak kotoran biasanya mencoba memberi tahu sesuatu majikannya. Selain itu kucing yang stres juga sering menyemprotkan urin pada furnitur dan barang-barang lain di sekitar rumah. Konsultasikan dengan dokter hewan atau ahli perilaku hewan untuk mencari tahu apa penyebabnya.

2. Tidak responsif

Kucing yang stres akan tidak responsif terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Misalnya dia tidak melompat atau kaget dengan suara keras atau gerakan cepat.

3. Grooming berlebihan

Kucing dikenal karena grooming alami yang ia lakukan seperti menjilati badannya. Tetapi menjilati diri mereka sendiri secara berlebihah bahkan hingga botak adalah salah satu ciri-ciri kucing stres.

Biasanya kucing akan melakukan grooming berlebihan jika ia terserang kutu atau penyakit kulit lain. Periksalah bulu kucing apakah ada indikasi kutu atau penyakit lain, jika taka da sudah jelas bahwa kucing Anda sedan stres.

4. Menggaruk dan mencakar berlebihan

Seperti menjilati secara kompulsif, menggaruk berlebihan dapat menjadi indikasi beberapa masalah kesehatan dan perilaku yang mengindikasikan stres pada kucing.

Jika kucing juga mencakar furnitur seperti karpet atau kardus dengan frekuensi lebih sering, Anda juga perlu mewaspadainya bahwa ia terkena stres.

5. Mengisolasi diri

Kesendirian adalah sifat alami kedua bagi kucing. Namun, kucing yang lebih sering menyendiri dapat diindikasikan bahwa ia sedang mengalami stres.

Perilaku kucing stres bisa dikenali dari tingkah lakunya yang berubah

6. Mengeong berlebihan

Banyak yang menemukan nada kucing mengeong cukup menenangkan, tetapi waspadalah terhadap serangan meongan panik yang terlalu panjang atau berulang. terutama jika kucing Anda bukan tukang mengeong yang khas.

Biasanya kucing yang mengeong menandakan ia sedang mengisyaratkan sesuatu. Cobalah untuk memahami keinginannya.

7. Tidak nafsu makan

Kucing tidak menjalankan puasa atau diet seperti yang manusia lakukan sehingga penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan jika kucing Anda tiba-tiba kehilangan minat pada makanan kucing atau berhenti makan sama sekali.

8. Lebih sering tidur

Hanya karena kucing dapat tidur hingga 20 jam sehari tidak berarti kucing Anda akan tidur dengan sehat. Pola tidur dan waktu tidur kucing yang tidak seperti biasanya bisa jadi merupakan ciri-ciri kucing yang stres.

9. Agresif terhadap hewan lain

Perkelahian atau tindakan agresif terhadap hewan peliharaan atau hewan lain bisa menjadi tanda kucing yang stres atau sakit.

10. Agresif terhadap orang

Kucing yang stres atau sakit juga dapat menunjukkan agresif terhadap orang lain, bahkan Anda. Perhatikan tingkah kucing saat diajak berinteraksi dengan manusia.

 

Ciri-ciri kucing stres lainnya

(Sumber: iStockphoto)

Anda mungkin memperhatikan kucing Anda duduk berbeda, ekspresi wajahnya berubah atau dia melakukan hal-hal kecil yang aneh.

1. Sering berjongkok dan tampak tegang di dalam ruangan

2. Telinga sering berputar ke belakang atau rata ke bawah

3. Mata terbuka lebar dengan pupil yang sangat melebar yang membuat matanya terlihat hitam

4. Menatap lantai dengan ekspresi tetap dan sayu

5. Grooming rutin yang cepat yang biasanya berlangsung sekitar lima detik, dimulai dan berhenti secara tiba-tiba.

6. Sering menggelengkan kepala

7. Kulit bergelombang, berkedut di punggungnya

8. Menelan berlebihan dan gerakan cepat lidah ke hidungnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beli Buku Terlarang, Masuk ke Pusat Pelatihan Vokasional di Shule Xinjiang

Posted: 18 Mar 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang - Sekilas, tak ada yang mencolok dari sebuah kompleks dengan sejumlah gedung bertingkat yang berdiri di atas lahan seluas 2,2 hektar di China, tepatnya di Shule County, Prefektur Kashgar, Wilayah Otonomi Xinjiang-Uighur, dekat perbatasan Tiongkok di ujung barat daya negara itu.

Namun, di balik pagar dan tembok tinggi yang mempartisinya dari jalan serta bangunan yang ada di sekitar, kompleks itu menjadi salah satu bukti fisik tentang keberadaan fasilitas deradikalisasi dan de-ekstremisme yang didirikan China di Xinjiang, yang telah mereka operasikan sejak beberapa tahun terakhir.

Fasilitas itu merupakan segelintir dari bangunan serupa yang telah menjadi buah bibir komunitas internasional. PBB dan negara Barat menduga bahwa pengoperasian fasilitas tersebut berpotensi melanggar hak asasi manusia, namun China membantahnya.

Tiongkok menegaskan bahwa fasilitas itu adalah cara untuk melawan ekstremisme yang berkembang, sekaligus upaya pengentasan kemiskinan di Xinjiang.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

"Pusat pelatihan vokasional Shule" adalah nama kompleks seluas 2,2 hektar tersebut. Dioperasikan pada 2018, fasilitas itu tengah menampung setidaknya 2.000 "siswa" yang dituduh "terinfeksi radikalisme dan ekstremisme," kata direktur fasilitas, Memeti Ali Tursun kepada rombongan jurnalis Indonesia dalam kunjungan pada 26 Februari 2019.

Kompleks itu melayani Shule County, Kashgar yang mayoritas berpenduduk etnis Uighur dan 13 kelompok minoritas lain.

Dan memang, para siswa di dalamnya berkomposisi dari kelompok etnis minoritas Uighur, Kazakh, Kirgiz, dan lainnya --yang mayoritas dari mereka bertradisi sebagai pemeluk Islam, dengan beberapa memiliki kepercayaan lain.

Di Dalam Fasilitas

Fasilitas Shule memiliki sekurang-kurangnya lima gedung berlantai 2 - 6. Kompleks fasilitas dipartisi menggunakan tembok tinggi ber-CCTV untuk memisahkannya dari jalan di luar. Akses masuk utama berupa pagar besi tak bersela, memiliki tinggi yang sama dengan tembok yang tak kalah tinggi di kanan-kirinya.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Kamera pengawas tak hanya ada di tembok pembatas, namun juga terpasang di setiap sudut ruangan dan gedung di dalam fasilitas. Jumlahnya, tak terhitung.

Sedangkan pada jendela di beberapa lantai pada sejumlah gedung terpasang teralis besi. Direktur Tursun mengatakan, "besi-besi tersebut dipasang demi alasan keselamatan, agar para siswa tidak terjatuh dari lantai tinggi."

Apa yang Diajarkan di Dalam Fasilitas?

Memeti Ali Tursun kemudian mengantarkan rombongan jurnalis ke gedung terdepan fasilitas.

"Ini gedung utama kompleks. Memiliki tiga lantai, gedung ini difungsikan sebagai kelas yang mengajarkan bahasa nasional (Mandarin dan aksara Tiongkok), pengetahuan hukum negara, seni, dan keterampilan atau keahlian vokasional," jelasnya.

Para siswa menerima sejumlah pelatihan vokasional selama di dalam gedung itu, mulai dari menjahit, merancang busana, keahlian kelistrikan, hingga komputer dan e-commerce.

Kami juga mengunjungi kafetaria dan dapur umum yang mampu menyajikan makanan bagi 2.000 siswa yang ada di dalamnya.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Didirikan dan mulai beroperasi pada 2018, fasilitas di Shule merupakan "salah satu yang terbaru yang didirikan oleh Xinjiang" kata seorang pejabat dari departemen diseminasi informasi Partai Komunis China di Xinjiang.

Sejak berdiri, pusat pelatihan vokasional Shule telah menampung setidaknya 2.000 orang dan 100 orang telah dinyatakan lulus dari fasilitas, kata Memeti Ali Tursun.

Tursun juga menjelaskan, "total siswa sebanyak 2.000 orang selalu stagnan di kisaran angka tersebut, karena para siswa selalu datang atau masuk dan pergi atau lulus," ujarnya.

Sama seperti kunjungan ke fasilitas sebelumnya yang dilakukan oleh rombongan jurnalis atas pendampingan otoritas China dan Xinjiang, para wartawan hanya mengunjungi gedung, ruangan, serta segelintir siswa. Rombongan tidak melihat ruangan atau gedung lain di dalam kompleks pusat pelatihan vokasional Shule, maupun siswa sisanya di fasilitas yang menampung 2.000 orang tersebut.

 

Simak video pilihan berikut:

Beli Buku Ekstremisme, Masuk ke Pusat Pelatihan

Direktur pusat pelatihan vokasional Shule, Memeti Ali Tursun mengatakan, para siswa merupakan orang yang "terbukti terinfeksi ekstremisme dan radikalisme, telah menjadi pelanggar hukum ringan namun belum menjadi seorang kriminal (teroris)".

Seorang siswa menceritakan bahwa ia masuk ke dalam pusat pelatihan vokasional Shule hanya karena "membeli buku berisi ajaran ekstremisme dan radikalisme" tanpa merinci lebih lanjut.

Ia mengatakan, "petugas (polisi) menjemputnya setelah warga melaporkan" dan kemudian "polisi menyarankan agar saya pergi ke dalam pusat pelatihan."

Tidak ada proses peradilan ketika dirinya masuk ke dalam pusat pelatihhan vokasional di Shule.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Seorang siswa lain mengaku bahwa ia masuk ke dalam fasilitas di Shule karena "diajak oleh seorang ekstremis lainnya untuk membakar sebuah gedung lokal yang berciri kafir."

Sebelum melakukan tindakannya, "petugas yang memantau pembicaraan saya di sosial media berhasil mengetahui terlebih dahulu rencana tersebut. Saya kemudian ditangkap dan dimasukkan ke dalam pusat pelatihan vokasional.

Tentang berapa lama para siswa harus berada di dalam pusat pelatihan vokasional, Direktur Memeti Ali Tursun mengatakan, "masing-masing punya durasi yang berbeda-beda."

"Ada yang lulus dalam delapan bulan, sepuluh bulan, atau beberapa tahun. Semua tergantung pada evaluasi," ujarnya.

Kamp Indoktrinasi vs Pusat Deradikalisasi

Sejumlah media Barat melaporkan bahwa fasilitas tersebut bertujuan untuk 'mendoktrinasi' para penghuninya agar 'sesuai dengan cara hidup bangsa China' dan memaksa mereka 'menanggalkan identitas kultural mereka'.

Namun, Direktur pusat pelatihan vokasional Shule, Memeti Ali Tursun mengatakan bahwa laporan itu tidak benar.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

"Justru, ketika mereka datang ke sini, mereka tidak bisa menari tarian khas tradisional khas Uighur dan lainnya. Namun sekarang mereka bisa," bantah Tursun yang mengatakan bahwa kesenian etnik juga menjadi salah satu kurikulumm yang diajarkan di dalam fasilitasnya.

Panel HAM PBB dan sejumlah negara Barat telah mengkritisi eksistensi fasilitas tersebut atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia, tindak kekerasan dan koersif, serta diskriminatif terhadap etnis minoritas. Beberapa pihak lain mendefinisikannya sebagai "kamp indoktrinasi" atau serupa seperti Laojiao (Laodong jiaoyang) yang berarti "kamp re-edukasi" yang diduga bertujuan sebagai 'fasilitas genosida kultural' bagi kelompok etnis minoritas.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Tiongkok dengan tegas menolak tuduhan PBB serta Barat, dan membantah pengunaan definisi "kamp" atau "pusat detensi". Pejabat China di tingkat pusat hingga lokal (termasuk di Xinjiang) mendefinisikan fasilitas sebagai "pusat pelatihan" untuk menanggulangi "radikalisme dan ekstremisme" yang dioperasikan sesuai hukum dan dengan menjamin hak para "siswa".

China telah dilanda "serangan terorisme berbasis radikalisme-ekstremisme" sejak 1990-an hingga beberapa tahun lalu. Beijing menuduh 'kelompok separatis-teroris Turkestan Timur di Xinjiang' yang terafiliasi kelompok teroris di Asia Tengah sebagai dalang aksi teror yang menelan korban jiwa di Tiongkok.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Merespons, China membentuk UU Anti-Terorisme pada 2015 untuk meredam berbagai peristiwa teror tersebut. Dan pada 2016, China dilaporkan telah mulai mendirikan fasilitas 'pelatihan dan re-edukasi' di Xinjiang.

Di sisi lain, Komisioner Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet mengatakan dia mencari akses ke China untuk memeriksa laporan dugaan "penghilangan dan penahanan sewenang-wenang," terhadap kelompok minoritas di Wilayah Otonomi Xinjiang-Uighur.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Komisioner Bachelet, yang mempresentasikan laporan tahunannya kepada Dewan HAM PBB di Jenewa pada 6 Maret 2019, mengatakan stabilitas dan pembangunan di Xinjiang dapat dibantu oleh kebijakan yang menunjukkan penghormatan pihak berwenang terhadap hak-hak minoritas.

"Area ini berada di pusat Inisiatif Belt and Road (Jalur Sutera Baru), memungkinkan koridor tanah ke Asia Tengah, Asia Selatan dan Eropa, dan saya yakin bahwa stabilitas dan keamanan di kawasan ini dapat difasilitasi oleh kebijakan yang menunjukkan penghormatan pihak berwenang terhadap hak-hak semua orang," kata Bachelet seperti dikutip dari Radio Free Europe (terafiliasi Voice of America).

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Xie Zhangwei, seorang sekretaris pertama untuk misi diplomatik China di Markas PBB di Jenewa, mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB bahwa China menentang "ekstremisme", diskriminasi, kekerasan atau intoleransi.

"Berbagai kelompok agama, beriman dan tidak beragama, saling menghormati satu sama lain dan hidup dalam harmoni," tambahnya seperti dikutip dari Al Jazeera.

Suasana di pusat pelatihan vokasional Shule, di Shule County, Prefektur Kashgar, Xinjiang (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Sementara itu, Wakil Presiden Asosiasi Islam China (organisasi Islam yang disponsori pemerintah) Abdul Amin Jin Rubin, apa yang diberitakan dan dilaporkan oleh Barat tentang Uighur adalah sesuatu yang tidak sesuai kenyataan dan cenderung berlebihan.

"Saya pikir tidak ada pelanggaran hak asasi manusia ataupun diskriminasi terhadap Uighur di Xinjiang," kata Jin Rubin melalui penerjemah kepada beberapa media Indonesia di Beijing, 18 Februari 2019.

"Di Xinjiang ada aktivitas pemberantasan terorisme dan aktivitas kekerasan lainnya, tapi hal itu tidak khusus menargetkan kelompok etnis atau agama tertentu," tandas pria yang juga berprofesi sebagai dosen Sastra Arab di Institut Islam China.

"Fasilitas edukasi dan pelatihan murni bersifat vokasional dan tidak secara langsung menargetkan kelompok partikular ... dan sejauh ini, program itu telah efektif menstabilkan kondisi (di Xinjiang)," tambah Abdul Amin Jin Rubin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Gandeng Perusahaan Prancis Kembangkan Jaringan Listrik Pintar

Posted: 18 Mar 2019 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) menggandeng perusahaan Prancis, Think Smart Grid (TSG) France untuk mengembangkan jaringan listrik pintar (Smart Grid) di sistem Sulawesi dan Smart Micro Grid di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Direktur Perencanaan Korporat PLN, Syofvi Felienty mengatakan, PLN dan TGS France telah menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) berjangka waktu dua tahun. Hal  ini menandai keseriusan PLN dalam meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT). 

"MoU ini salah satu langkah konkrit PLN dalam keberpihakan kepada EBT, " kata Syofvi, di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Syofvi menuturkan, studi ini akan didanai oleh pemerintah Prancis, dan untuk sistem Sulawesi akan dibahas secara detail jaringan listrik terintegrasi dengan  EBT (Renewable Energy Grid Integration).

"Pengembangan energi baru terbarukan terus kami lakukan guna memenuhi target 23 persen pada tahun 2025," tutur dia. 

Tugas PLN dalam MoU ini adalah menyediakan data, lokasi studi, Tim Pendampingan dan Capacity Building dengan mengirimkan engineer untuk studi smart grid di Prancis.

TSG adalah organisasi nonprofit yang concern dalam Pengembangan Smart Grid. Anggotanya adalah industri Ketenagalistrikan, akademisi, pemerintah dan perusahaan listrik yang ada di Eropa.

 

 

Pengembangan Energi Terbarukan Harus Diikuti Teknologi Smart Grid

Petugas memeriksa panel surya di gedung ESDM, Jakarta, Rabu (2/3/2016). Penggunaan panel surya bisa menurunkan emisi dari yang sebelumnya mengonsumsi listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel atau berbasis batubara (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Sebelumnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memandang jaringan listrik Indonesia perlu menerapkan industri 4.0, dengan menggunakan jaringan pintar (smart grid) untuk mendorong pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Peneliti Pusat Ekonomi LIPI Maxensiun Tri Sambodo mengatakan, ‎listrik yang dihasilkan pembangkit EBT fluktuasi, sehingga membutuhkan jaringan yang merespons cepat untuk mengatur pasokan dari pembangkit lain. Hal ini dapat dipenuhi dengan menggunakan smart grid.

"Karea EBT nature fluktuasi, manajemen ini membutuhkan smart grid teknologi," kata ‎Max, di Kantor LIPI, Jakarta, Jumat 1 Maret 2019.

Dengan menggunakan smart grid pasokan listrik Indonesia bisa jauh lebih stabil karena pengaturannya secara otomatis, sedangkan saat saat ini jaringan listrik‎ masih konvensional yang membutuhkan waktu lama untuk mengalihkan sumber pasokan listrik.

"Saat ini juga kita sudah punya skada, tapi itu industri 1.0. sektor listrik yang didirong membuat smart grid," tutur dia.

Max mengungkapkan, pemerintah perlu membuat peta jalan untuk penerapan‎ smart grid di Indonesia, termasuk penyediaan investasinya. Dia mengakui, saat biaya yang dibutuhkan untuk membangun smart grid.

"‎Maka kita perlu banyak support, invest awal memang tinggi, tapi lambat laun kita bisa EBT semakin baik, jadi kita tinggal pilih, kita milih murah sekarang tapi kayak gini terus, tapi mahal sedikit tapi lebih baik ke depannya," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Cara Membuat Komik di Webtoon, Mudah dan Bisa Langsung Dipraktikkan

Posted: 18 Mar 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komik merupakan salah satu bacaan populer di Indonesia. Mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa sangat banyak yang gemar membaca komik. 

Tak heran puluhan ribu bahkan jutaan judul komik telah diterbitkan, bahkan banya para penggemarnya rela menunggu hadirnya seri terbaru komik favoritnya. Salah satu komik yang sering di baca oleh orang-orang adalah komik yang berasal dari Jepang.

Namun, sejak beberapa tahun belakang, muncul lagi produsen komik yang saat ini juga memiliki penggemar di tanah air. Webtoon, itulah nama genre komik ini sering diucapkan. Webtoon atau juga dikenal sebagai komik daring ini awalnya dibuat di Korea Selatan oleh sebuah portal web media Daum Communications Corp dan kemudian diikuti oleh seperti Naver dan Nate.

Beda dengan manga atau komik Jepang yang biasanya hanya hadir dengan latar hitam putih. Webtoon pada umumnya menghadirkan komik dari korea yang sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan warna yang semakin membuat orang semakin tertarik untuk membacanya.

Hingga saat ini, webtoon sudah menjadi fenomena yang luar biasa seiring berkembangnya budaya K-Poo di Indonesia.

Namun, saat ini tidak hanya orang Korea Selatan saja yang bisa membuat komik webtoon. Kamu juga bisa memulai untuk membuat webtoon yang menarik untuk di baca. Bagi kamu yang belum tau cara membuat komik webtoon, berikut Liputan6.com rangkum cara membuat komik di webtoon Selasa (19/3/2019).

Syarat dan ketentuan dalam membuat komik di webtoon

Sebelum kamu mengetahui cara membuat komik di webtoon, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui yaitu syarat dan ketentuan yang harus dipahami sebelum membuat di komik webtoon.

Sehingga, kamu akan lebih paham cara main serta kewajiban untuk tidak melanggar ketentuan-ketentuan yang sudah mereka tetapkan. Begitu juga mereka, tidak boleh melanggar hak-hak yang harus kamu dapatkan.

Cara membuat komik di webtoon Konten Digital

1. Terlebih dahulu kamu harus memahami dan menyetujui bahwa Website LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON dilindungi oleh hukum-hukum hak cipta Republik Korea, beserta perjanjian dan hukum-hukum hak milik intelektual lainnya.

NAVER WEBTOON tidak memindahkan judul apapun, hak atau kepentingan atau Situs LINE WEBTOON, Aplikasi LINE WEBTOON datau Konten Digital kepada kamu.

2. Penggunaan konten digital setelah mengunduh atau menggunakan Konten Digital. NAVER WEBTOON memberi kamu sebuah lisensi yang terbatas, non-eksklusif dan tidak dapat dipindahtangankan, tidak dapat disublisensikan.

Selain itu tidak dapat dibatalkan untuk mengakses, melihat, mengunduh, dan menggunakan Konten Digital tersebut semata-mata untuk kepentingan pribadi serta non-komersial yang sesuai dengan ketentuan Perjanjian ini.

3. Lisensi tidak memberikan kepada kamu setiap keuntungan kepemilikan di Konten Digital tersebut. Dalam Situs LINE WEBTOON dan Aplikasi LINE WEBTOON, kamu dapat mengakses, melihat atau menggunakan Konten Digital atau pada Aplikasi LINE WEBTOON.

Kamu juga dapat mengunduh Konten Digital hanya pada satu perangkat yang akan dipergunakan selama tiga puluh (30) hari dan Konten Digital tersebut akan secara otomatis dihapus setelah tiga puluh (30) hari.

Konten Digital dilisensikan kepada kamu oleh NAVER WEBTOON; tidak dijual, dipindahkan atau diserahkan kepada kamu.

4. NAVER WEBTOON dapat memposting ketentuan tambahan untuk Konten Digital pada aplikasi LINE WEBTOON. Ketentuan tersebut dianggap berlaku, namun apabila terjadi pertentangan antara ketentuan tambahan dengan Perjanjian ini, maka Perjanjian ini dianggap sebagai perjanjian utama yang akan menentukan.

5. Kamu dilarang menyalin, mendistribusikan, menjual, menyewakan, meneruskan, meneruskan kembali atau mensublisensikan Konten Digital.

Kamu dilarang melakukan percobaan untuk mengelak, menghindari, memotong, menghapus, menonaktifkan, merusak atau memecahkan segala bentuk enkripsi, penandaan hak cipta atau teknologi perlindungan hak cipta yang membalut Konten Digital atau yang terkait.

Kamu dilarang menyunting, memodifikasi, menerjemahkan atau membuat karya turunan atau adaptasi dari Konten Digital.

Cara membuat komik di webtoon

1. Langkah pertama cara membuat komik di webtoon adalah dengan mengunjungi link www.webtoons.commenggunakan Pc atau Laptop

2. Masukan email dan password yang telah kamu daftar kan pada line milik kamu.

3. Cara membuat komik di webtoon yang ketiga adalah setelah login berhasil, kamu akan mendapatkan pesan dari line atas terdaftarnya kamu di webtoon.

4. Kamu dapat mengedit profil dengan klik nama kamu yang terdapat di sebelah kanan atas, dan silahkan disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Cara membuat komik di webtoon selanjutnya adalah kamu dapat klik "terbitkan" yang terdapat disebelah nama kamu.

6. Sesuaikan genre komik yang akan kamu upload di webtoon, dan harus memiliki ukuran gambar dari cover komik kamu adalah 436px x 436px.

7. Kemudian cara membuat komik selanjutnya adalah isi data data lainnya dengan tepat dan benar sesuai komik kamu.

8. Kemudian kita akan mulai memasukan komik di webtoon dengan membagi nya sesuai dengan episode, dan gambar dari isi komik berukuran 700px x 1000px.

9. Cara membuat komik di webtoon yang terakhir adalah setelah semuanya selesai kamu uploadlah data-data yang telah diisi dengan benar. Maka kamu telah dapat memasukan komik di webtoon dengan klik "terbitkan". Dan komik kamu telah dapat dinikmati oleh banyak orang diseluruh dunia

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nissan Kuasai Pasar Mobil Listrik Dunia

Posted: 18 Mar 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nissan berhasil menguasai pasar mobil listrik dunia lewat produknya, Leaf. Sejauh ini, mobil listrik asal Jepang itu mencetak penjualan sebanyak 400 ribu unit.

Pencapaian itu diraih relatif lama, sejak pertama kali dikenalkan pada Desember 2010. Karena pemasaran mobil listrik memang belum semasif mobil konvensional. Namun, hasil diraih Leaf, sejauh ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi Nissan.

Prestasi Nissan Leaf didapat atas keberanian merangsek ke banyak pasar berkembang. Sekarang diproduksi di tiga benua: Asia terpusat di Oppama, Jepang, Eropa di Sunderland, Inggris dan untuk Amerika berada di Smyrna, Tennessee, Amerika Serikat.

Penjualan Leaf kini tersedia di lebih dari 50 negara dan berencana ekspansi ke enam negara Amerika Latin dan tujuh negara Asia Oceania sampai akhir tahun. Termasuk rencana menjualnya di Indonesia mulai tahun depan.

Tonggak sejarah Nissan Leaf dimulai pada 2010. Generasi pertama butuh empat tahun untuk mencapai penjualan 100.000 unit di seluruh dunia.

Penyempurnaan pada proses pengecasan baterai, penambahan daya jelajah dan lainnya, membuat Leaf semakin disukai. Penjualannya kian pesat dan tembus 200.000 unit pada 2015.

Regenerasi pun terjadi pada 2017 untuk model 2018. Perubahan total dari segi desain dan teknologi, membuat Leaf kian laris.

Penjualan 300.000 unit diraih pada 2018 dan menjadi kendaraan terlaris di Eropa. Bahkan sempat diakui sebagai mobil listrik dengan penjualan tercepat. Pernah satu unit Leaf terjual tiap 12 menit.

 

Selanjutnya

Nissan Leaf generasi kedua yang dijual sekarang, merupakan perwujudan nyata dari Nissan Intelligent Mobility. Tak hanya desainnya saja yang makin menarik, membawa pula teknologi baru, daya jelajah lebih tinggi, teknologi asistensi dan beragam konektivitas.

Model inilah yang sudah dilengkapi sistem semi-autonomous ProPILOT, ProPILOT Park dan e-Pedal. Lalu untuk model 2019, ditambahkan varian Leaf e+ dengan tawaran tenaga dan daya tempuh beragam.

Model dasarnya, memakai penggerak e-powertrain berdaya 150 hp dan torsi 320 Nm. Cukup bertenaga dengan akselerasi 0-100 km/jam dalam 7,9 detik. Dari hasil pengetesan beberapa lembaga, daya jelajahnya mampu mencapai 269 km hingga 413 km.

Pengisian baterai juga menerapkan metode quick charging. Mengisi sampai 80 persen hanya butuh 40-60 menit. Rancang bangun bodi juga dibuat selicin mungkin. Hambatan udara (Cd) sebesar 0,28 saja. Emisi gas buang dihasilkan sudah pasti nihil.

Menurut estimasi Nissan, total jarak yang semua Nissan Leaf saat ini sudah menempuh 10 miliar kilometer. Nominal itu sama dengan memutari bumi sebanyak 248.000 kali.

Jika menghitung penggunaan bahan bakar minyak, Leaf sudah berkontribusi menghemat 3,8 juta barrel per tahun.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Momen Kebetulan Ini Bisa Bikin Kalian Takjub Melihatnya

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada begitu banyak orang yang percaya bahwa apapun hal yang mereka alami adalah sebuah takdir yang telah ditentukan Tuhan Yang Maha Esa.

Namun, tak sedikit pula yang meyakini bahwa hal-hal yang terjadi setiap hari hanyalah suatu kebetulan belaka. Contohnya saja seperti saat bertemu dengan seseorang yang nyatanya sangat mirip dengan kalian atau doppelganger di suatu tempat dan masih banyak lagi.

Foto-foto di bawah ini akan menunjukkan beberapa momen kebetulan yang nampaknya sulit untuk dijelaskan dan hanya perlu kalian percayai. Dikutip dari Boredpanda, berikut deretan momen kebetulan yang bisa bikin kalian takjub melihatnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Suster ini baru mengetahui bahwa dokter yang bekerja dengannya adalah bayi prematur yang dia selamatkan 28 tahun lalu

momen kebetulan (foto: boredpanda)

Pria ini bertemu dengan supir driver yang sangat mirip dengannya

momen kebetulan (foto: boredpanda)

Masih menyangkal kalau ini bukan kebetulan?

momen kebetulan (foto: boredpanda)

Ketika menghadiri pesta, kedua pria ini bertemu seperti dua orang yang sama dengan ukuran badan yang berbeda ya

momen kebetulan (foto: boredpanda)

Nah lo, kok bisa sama begini ya?

momen kebetulan (foto: boredpanda)

Dua fotografer menangkap momen yang sama di waktu berbeda, kok bisa ya?

momen kebetulan (foto: boredpanda)

Pembawa berita ini mengenakan pakaian yang sama

momen kebetulan (foto: boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orang Utan dengan 74 Peluru di Tubuh Jalani Operasi Tulang Bahu

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Sibolangit Orang utan Hope yang ditembaki 74 peluru senapan angin akhirnya menjalani operasi tulang bahu pada Minggu, 17 Maret 2019.

Tindakan ini dilakukan seminggu sesudah berada dalam perawatan Tim SOCP (Sumatran Orang Utan Conservation Programme) di Pusat Karantina dan Rehabilitasi Orang Utan di Sibolangit, Sumatera Utara. Setelah beragam observasi dilakukan terhadap Hope. Hasilnya, orangt utan ini mengalami patah terbuka pada tulang bahu. Kedua mata Hope juga buta total.

Operasi orang utan Hope dilakukan Tim Medis SOCP bersama ahli bedah tulang dan saraf pada manusia asal Swiss. Andreas Messikommer. Andreas sering membantu YEL dan PanEco sebagai tenaga relawan jika ada kasus-kasus bedah tulang yang rumit pada orang utan.

Butuh waktu lebih lebih dari tiga jam melakukan operasi tulang bahu pada Hope. Selama proses operasi, dokter bedah juga menemukan, tulang bahu yang patah mengakibatkan robeknya kantong udara (air sac)--bagian internal dari sistem pernapasan--Hope.

Tulang bahu dan kantong udara yang robek ini sudah mengalami infeksi sehingga tim medis melakukan penanganan pada area yang terinfeksi terlebih dahulu. Penutupan luka-luka lain yang berada pada bagian-bagian tubuh Hope seperti di tangan dan kaki juga dilakukan.

"Sepanjang proses operasi, kondisi Hope cukup stabil. Saat ini, dia masih dalam perawatan pasca operasi. Kita semua berharap, semoga proses penyembuhan pasca operasi ini juga bisa berjalan baik," ucap dokter hewan YEL-SOCP, Yenny Saraswati, dalam keterangan rilisnya ditulis Selasa, (19/3/2019).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Peluru senapan belum dikeluarkan

Orang utan Hope dengan 74 peluru senapan angin sedang dalam perawatan usai menjalani operasi tulang bahu. (Dok YEL-SOCP/Suryadi)

Jika penanganan infeksi tidak segera dilakukan, maka infeksi bisa menyebar ke berbagai organ. Dampak buruk yang terjadi mengakibatkan peradangan dan pembengkakan pada saluran pernapasan. Kematian pun  bisa terjadi.

"Dalam operasi (tulang bahu) ini, kami belum mengeluarkan peluru yang masih ada di tubuh Hope. Karena prioritas kami melakukan penanganan pada tulang bahu. Mengingat risiko infeksi pada bagian tersebut," lanjut Yenny.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Hotmauli Sianturi mengatakan orangutan dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990, yang melarang setiap orang untuk menangkap, melukai, membunuh, memelihara, dan memperdagangkan satwa yang dilindungi.

Pelanggaran terhadap aturan tersebut dapat dikenai hukuman masa tahanan maksimal 5 tahun dan denda sampai Rp100 juta.

"Untuk itu, kami mengimbau kepada para pihak agar tidak menganggu satwa liar dilindungi atau akan menerima konsekuensi hukumnya sesuai dengan undang undang," jelas Sianturi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan dari Foto Tanpa Busana Perempuan Penyintas Luka Bakar Asal Taiwan

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perempuan asal Taiwan, Jiang Xin-chen (31) bersedia tak mengenakan busana apapun kecuali sayap warna-warni dalam sebuah sesi pemotretan bersama Davin Tai. Wajahnya menampilkan raut bahagia meski bekas luka bakar masih terlihat di sekujur tubuhnya.

Dilansir dari laman BuzzFeedNews.com, Xin Chen merupakan salah satu dari ratusan korban luka akibat ledakan yang terjadi di Formosa Fun Coast di New Taipei pada 2015. Ia mengalami luka bakar 91 persen di sekujur tubuh.

Setelah menjalani 21 operasi selama lebih dari tiga tahun, ia bersedia ikut pemotretan dengan menunjukkan bekas lukanya untuk menguatkan yang lain. Foto tersebut kemudian viral setelah seorang makeup artist yang ikut dalam proses pemotretan, menyebarkannya melalui grup Facebook, Desember 2018 lalu.

Minggu lalu, foto-foto Jiang kembali beredar secara online setelah ia diwawancarai media setempat, Apple Daily. Kepada media tersebut, ia mengaku sangat gugup pada awal pemotretan karena hal itu merupakan hal besar baginya.

"Tapi akhirnya aku meyakinkan diriku bahwa pemotretan itu merupakan cara yang baik untuk mengenang luka-lukaku dan melihatnya dari perspektif artistik," kata Jiang dikutip BuzzFeed.

Sementara itu, Devin Tai, fotografer Jiang mengatakan ia pertama kali berkenalan dengan Jiang setelah penyintas luka bakar itu menghadiri pameran fotonya bersama temannya. Ia lalu meminta perempuan itu berpose sebagai bagian dari seri foto yang dipersembahkan kepada para penyintas.

"Fotografi itu tidak selalu fokus pada orang-orang dan segala hal yang cantik, tetapi kita bisa menggunakannya untuk menolong orang lain menemukan masa depan mereka," ujarnya.

Setelah fotonya dicetak, Jiang mengaku tak percaya bahwa fotonya bisa sebagus itu. Ia berharap foto-foto tersebut bisa menginspirasi orang banyak.

"Aku berharap aku bisa menunjukkan walau luka bakar menutupi sekujur tubuhnya, aku masih bisa percaya diri dan menyampaikan ide berbeda tentang kecantikan," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100% Indonesia Nyoblos di Yogyakarta

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta We The Youth berkolaborasi dengan Komunitas Gayam 16 akan menggelar 100% Indonesia Nyoblos (100%IN Jogja) di Stadion Mandala Krida Yogyakarta pada Jumat, 22 Maret 2019 mulai pukul 15.00 WIB. Perhelatan musik ini menyasar kaum milenial di Yogyakarta supaya ikut andil dalam pesta demokrasi dengan tidak menjadi golput.

Kampanye anti golput akan didengungkan lewat konser musik yang dibawakan oleh musisi lokal kelas internasional, seperti Shaggydog, Jogja Hiphop Foundation, FSTVLST, Bravesboy, NDX, dan Rakitikar. Acara yang dikemas dalam bentuk berbagai kegiatan dan aktivitas dari dan untuk para muda ini juga menampilkan lokakarya oleh Lifepatch dan Jogja Creating serta gelar wicara dengan narasumber Marzuki Mohamad, Heruwa, dan Farid Stevy.

Acara ini terbuka untuk siapapun yang ikut mendukung kampanye ini. Untuk bisa mengikuti acara ini, cukup mengisi petisi 100%in Indonesia Nyoblos di http://bit.ly/100perseninjgja  kemudian menyimpan screen capture bukti telah mengisi petisi tersebut sebagai tanda masuk.

"100% Indonesia Nyoblos ingin mengajak generasi muda Indonesia dan Yogyakarta khususnya untuk menggunakan hak pilih dengan memberikan suaranya kepada calon-calon legislatif dan presiden sesuai keinginan mereka di Pemilu 2019," ujar Ratu Dyah Ayu Widyasari, Executive Director We The Youth.

Berdasarkan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 dari KPU, jumlah warga negara Indonesia yang terdaftar sebesar 152.050.861. Sebanyak 17.501.278 orang merupakan pemilih pemula atau berusia kurang dari 20 tahun dan 42.843.792 pemilih berusia 21 sampai 30 tahun. Artinya, nyaris separuh pemilih yang diharapkan memberikan suara pada Pemilu 2019 mendatang berasal dari kalangan muda.

Widi mengungkapkan anak muda perlu menggunakan hak pilih dan tidak menjadi golput karena lewat penggunaan hak pilih berarti anak muda sudah memperjuangkan keinginan untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. Memiliki pilihan berarti anak muda sudah mencari tahu siapa dan apa yang dibutuhkan serta diyakini untuk Indonesia.

Ia menargetkan perhelatan ini bisa diikuti 15.000 penonton kaum milenial yang setelah acara diharapkan bisa menularkan virus anti golput.

 

Jangan Skeptis terhadap Politik

Kaum milenial di Yogyakarta memiliki cara sendiri untuk mengkampanyekan anti golput (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Ketua Panitia 100% IN Jogja Ari Wulu menuturkan perhelatan ini tidak ada kaitannya dengan afiliasi politik tertentu atau bentuk dukungan kepada salah satu pasangan calon presiden.

"Ini adalah perayaan supaya kaum milenial tidak risih lagi berbicara soal politik, tidak skeptis dengan politik," tuturnya.

Lewat acara berbau anak muda, ia berharap pesan anti golput bisa sampai ke kaum milenial. Kegiatan ini sebagai bentuk kampanye agar anak muda di Yogyakarta menggunakan hak pilihnya.

"Perkara memilih siapa terserah, yang penting punya kesadaran memilih itu penting," ucap Ari.

Vokalis Shaggydog Heruwa menilai sebelum memutuskan bergabung dengan kegiatan ini lebih dulu mencari tahu soal maksud dan tujuan 100%IN Jogja.

"Kami tidak mau bergabung kalau ternyata ada agenda terselubung, tetapi ini murni membangkitkan kesadaran anak muda untuk mencoblos," kata Heruwa. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Argentina: Balapan Seru di Rio Hondo

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jadwal MotoGP seri kedua akan beralih ke Amerika Selatan tepatnya di sirkuit Rio Hondo Argentina. Setelah absen cukup lama dua pekan, para pembalap akan berusaha memperbaiki diri di Argentina.

Pada MotoGP Qatar 10 Maret lalu, terjadi pertempuran sengit antara pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dengan pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso di Sirkuit Losail. Terjadi perebutan posisi satu dua tapi Dovizioso yang keluar sebagai pemenang.

Dovizioso mengalahkan Marquez dalam perebutan juara di Losail. Sedangkan podium ketiga diraih oleh Cal Crutchlow, pembalap LCR Honda yang mampu mengasapi pembalap Suzuki, Alex Rins di lap-lap akhir.

MotoGP Qatar menjadi semacam evaluasi awal bagi tim-tim MotoGP. Duo Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales meraih hasil mengejutkan. Vinales yang start dari pole positions meraih hasil mengecewakan karena finis di posisi ketujuh.

Sedangkan Rossi yang start di posisi ke-14 masih bisa meraih hasil menggembirakan posisi kelima. Meski ini menjadi hasil terburuk dalam kariernya selama mengikuti MotoGP Qatar sejak 2008.

 

Jadwal MotoGP Argentina

Salah satu aksi di MotoGP Argentina musim lalu (AFP/Juan Mabromata)

Jumat (29/3)

Latihan Bebas

FP1: 20.50-21.35

FP2: 01.05-01.50

 

Sabtu (30/3)

Latihan Bebas

FP3: 20.50-21.35

FP4: 00.25-00.55

 

Kualifikasi

Q1: 01.05-01.20

Q2: 01.30-01.45

Jadwal MotoGP Argentina

Minggu (31/3) atau Senin (1/4) dini hari WIB

Warm Up: 20.40-21.00

Balapan: 01.00

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Terus Genjot Kinerja DPR RI

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memastikan kinerja DPR RI tidak surut sama sekali walaupun Pemilu 17 April 2019 sudah di depan mata. Menjelang penutupan masa persidangan IV Tahun Sidang 2018-2019 yang rencananya akan dilakukan pada awal April 2019, DPR RI sudah menyelesaikan Rancangan Undang-Undang tentang Pengesahan Persetujuan antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Federasi Rusia tentang Kerja Sama di Bidang Pertahanan.

"RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah yang saat ini dibahas di Komisi VIII juga sudah memasuki babak akhir. Kita harapkan pekan ini akan selesai, karena semua pembahasan antara DPR RI dengan pemerintah sudah menemui titik temu. Hanya tinggal ketuk palu di Komisi VIII dan dilanjutkan dibawa ke Rapat Paripurna penutupan masa sidang nanti," ujar Bamsoet usai menerima trophy Parliament of The Year dari Teropong Senayan, di ruang kerja Ketua DPR RI, Senin (18/03/19). 

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen ini menjelaskan, selain RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, DPR RI sebenarnya juga menargetkan penyelesaian RUU tentang Perkoperasian, RUU tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, RUU tentang Ekonomi Kreatif, RUU tentang Kewirausahaan Nasional dan RUU tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

"Namun penyelesaian berbagai RUU tersebut terkendala karena ketidakhadiran pemerintah dalam rapat kerja dengan komisi terkait di DPR RI. Misalnya pada RUU Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan yang terkendala karena Kepala Badan Karantina Pertanian jarang hadir dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI," jelas Bamsoet.

Selain itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menambahkan, hal serupa juga terjadi dalam pembahasan RUU Kewirausahaan Nasional. Bahkan dalam rapat konsultasi pada Desember 2018 antara Pimpinan DPR RI dengan Menteri Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Menteri Perindustrian, dan Menteri Hukum dan HAM guna mempercepat pembahasan RUU Kewirausahaan Nasional, para menteri tersebut tidak hadir.

"DPR RI tidak bisa sendirian dalam menyelesaikan RUU. Butuh kerjasama dari kementerian dan lembaga negara sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Padahal para anggota DPR RI di berbagai Komisi dan Alat Kelengkapan Dewan ingin memaksimalkan masa sidang ini untuk tetap produktif menghasilkan RUU yang berkualitas. Semangat DPR RI ini harus juga disambut baik oleh pemerintah," tegas Bamsoet.

Penghargaan sebagai Parliament of The Year ini melengkapi berbagai penghargaan lain yang diterima Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila sejak dirinya memimpin DPR RI di awal tahun 2018. Antara lain Best Parliamentarians 2019 oleh Obsession Media Group, The Best and The Next Legislator Award 2019 dari Berlian Organizer, 10 Tokoh Politik dengan Branding Otentik 2018 dari Polaris Data and Story Lab, Anugerah Pers Jawa Tengah 2018 dari Suara Merdeka Network, Best Communicators 2018 dari majalah PR Indonesia, dan Golden Democracy Award 2018 dari Rakyat Merdeka Online.

"Mudah-mudahan berbagai penghargaan yang saya terima bisa menjadi pemacu semangat baik bagi diri saya pribadi maupun bagi sesama kolega anggota DPR RI dan juga segenap keluarga besar Sekretariat Jenderal DPR RI. Ini membuktikan bahwa kerja keras DPR RI ternyata juga mendapat apresiasi dari rakyat," pungkas Bamsoet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klarifikasi Salmafina Sunan Soal Gosip Mabuk di Kelab Malam

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salmafina putri pengacara Sunan Kalijaga, saat ini kembali dibicarakan. Penyebabnya adalah sebuah video yang tersebar di media sosial.

Dalam video tersebut, terlihat Salmafina sedang berada di sebuah kelab malam. Banyak yang menduga, Salmafina Sunan sedang berada di bawah pengaruh alkohol.

Namun, melalui unggahan di Instagramnya, Salmafina  membantah bahwa dirinya sedang mabuk. Kala itu dirinya tengah asyik mendengarkan musik dan larut dalam iringan lagu hingga membuatnya lupa akan sekitar. Meski begitu, ia meyakinkan ke semua jika dirinya tidak mabuk.

"l'd like to clarify a few things: Friday night I was at one of the place to enjoy DJ, dancing and singing along to the music, and I was not intoxicated, but I was careless," tulis Salmafina Sunan di Instagram Story-nya pada Senin (18/2/2019).

 

Bukan Pakaian Dalam

Salmafina Sunan (Foto: Instagram)

Selain tingkah Salmafina Sunan di video itu, warganet juga banyak menyoroti soal pakaian dalam yang dikenakan Salmafina Sunan. Soal itu, Salamafina Sunan juga kembali meluruskan, apa yang terlihat itu bukanlah celana dalam, melainkan celana pendek laki-laki atau boxer.

"I let my friend recorded me dancing, exposing what you all thought was my underwear. I wasn't aware of that. My feet hurt from wearing heels which was why I was sitting like that. Also it wasn't a form of undergarment that you all thought it was, they were boyshorts. I usually wear them especially for gowns or dresses. And I would like to emphasize, I was not intoxicated," tegasnya lagi.

 

Minta Maaf

Unggahan Instagram Story Salmafina Sunan (Instagram.com/salmafinasunan)

Terlepas dari itu semua, melalui unggahan tersebut pula Salmafina pun menyampaikan permintaan maafnya. Ia menyadari betul, sebagai seorang influencer, apa yang ditampilkan di video itu tidak baik bagi masyarakat.

"However it still was wrong and inappropriate. As an influencer, I don't want to normalize such things, I'm aware now that my behavior was not exemplary and for that I apologize. I believe my friend didn't mean any harm either when recording me, we were both careless. Once again, I sincerely apologize for displaying such misconduct," lanjutnya lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sejuta Warga Teken Petisi Pecat Fraser Anning

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejuta warga telah menanda tangani petisi pemecatan Senator Australia Fraser Anning, setelah ia mengeluarkan komentar soal penembakan di Selandia Baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiket AirAsia Hilang di Sejumlah OTA, KPPU Didesak Selidiki Kasus Ini

Posted: 18 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kasus hilangnya tiket AirAsia di online travel agencies (OTA) Indonesia terus bergulir.

Tak cuma Traveloka dan Tiket, laporan terbaru menyebutkan tiket maskapai penerbangan asal Malaysia tersebut juga hilang di 15 agen travel online dan offline di Indonesia.

Mengutip laman Skift, Selasa (19/3/2019), tiga di antaranya adalah Panorama Group, Golden Rama Tours & Travel, dan Wita Tour (di luar Traveloka dan Tiket). Mereka telah menyetop penjualan tiket AirAsia sejak pekan lalu.

Berkaitan dengan hal tersebut Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) didesak untuk menyelidiki kasus 'hilangnya' tiket AirAsia di sejumlah OTA.

"KPPU harus selidiki kasus ini. Kalau terkait dengan kompetisi itu KPPU bisa masuk, tanpa harus ada pelaporan," kata Direktur Indonesia ICT Institute Heru Sutadi kepada Tekno Liputan6.com via pesan singkat, Selasa (19/3/2019) di Jakarta.

Ia menuturkan, kompetisi memberikan banyak keuntungan, seperti persaingan dalam hal harga, kualitas layanan, maupun wilayah layanan.

"Kompetisi harus dijaga. Jika ada gelagat persaingan tidak sehat, untuk menjamin kompetisi maka KPPU harus turun tangan. Kecuali masalah ini cepat dapat diselesaikan," ucapnya memungkaskan.

 

 

Tiket AirAsia Masih Dijual via Offline

Menteri Pariwisata Arief Yahya langsung menindaklanjuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I tahun 2017 tentang air connectivity

Namun uniknya, Panorama, Golden Rama, dan Wita Tour masih menjual tiket AirAsia secara offline, misalnya melalui cabang-cabangnya.

Dalam investigasinya, Skift telah menghubungi pihak Panorama, Golden Rama, dan Wita untuk meminta komentar resmi, tetapi tidak ada balasan.

Seorang sumber di salah satu dari 15 agen travel tersebut mengatakan, "Memang, ada langkah untuk 'mengasingkan' AirAsia. Dalam kasus ini, kami didekati oleh Garuda Indonesia. Sebut saja 'anti monopoli' atau 'kartel,' apa pun itu saya tidak tahu."

Sumber yang tak disebutkan identitasnya itu mengatakan bahwa kasus ini baru kali pertama terjadi.

"Kami tidak punya pilihan. Mereka (maskapai penerbangan) menekan OTA sejak Januari, kemudian agen-agen besar. Sangat menyedihkan. Kami memiliki hubungan yang baik dengan AirAsia; Saya kenal CEO AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan. Tetapi AirAsia tidak ingin didikte oleh dua grup maskapai besar," kata sumber itu.

Pun demikian, AirAsia menolak untuk berkomentar secara langsung tentang tuduhan agen yang bekerja sama untuk itu.

 

Campur Tangan Garuda Indonesia dan Lion Air?

Pesawat Terbang Garuda Indonesia (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Skift menduga Garuda Indonesia dan Lion Air mendorong pemain OTA untuk tidak menjual tiket AirAsia. Dugaan ini muncul ketika Skift mencoba melakukan pencarian tiket dengan tujuan Jakarta-Kuala Lumpur, di mana Jetstar dan Scoot muncul dalam pencarian.

Kedua penerbangan internasional berbiaya murah itu bisa jadi muncul di Traveloka karena tidak menawarkan rute sebanyak yang AirAsia lakukan di Indonesia. AirAsia menawarkan delapan rute domestik unik, yang mana tidak ditawarkan oleh maskapai lain, dan 36 rute internasional unik.

Sebelumnya, Traveloka menyatakan hilangnya tiket AirAsia karena adanya 'system maintenance'. Namun, ketika Skift mengonfirmasi kepada juru bicara Traveloka, pihaknya mengaku tak bisa berkomentar banyak dan tengah berusaha melakukan pertemuan dengan manajemen AirAsia untuk mencari solusi.

Kepada Tekno Liputan6.com, Director of Public Relations Traveloka Sufintri Rahayu mengatakan saat ini Traveloka dan AirAsia tengah menempuh dialog untuk menemukan solusi terbaik untuk kepentingan semua pihak.

"Sebagai perusahaan teknologi di bidang travel dan lifestyle terbesar di Asia Tenggara, tentunya Traveloka terus bertekad untuk mengutamakan kenyamanan pengguna dengan memberikan alternatif pilihan maskapai yang lengkap dan beragam," tuturnya menambahkan.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesan Warga Saat Jajal Langsung LRT Jakarta

Posted: 18 Mar 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Moda Transportasi Umum LRT Jakarta dipastikan siap beroperasi pada akhir Maret 2019 seiring konstruksi fisik kereta ringan ini yang telah mencapai 100 persen.

Sebelum secara resmi beroperasi, warga pun diberi kesempatan untuk menjajal langsung LRT Jakarta. Antusiasme warga pun terlihat saat memperoleh kesempatan mencoba fasilitas transportasi tersebut.

Heni (40) mengaku telah menjajal LRT Jakarta dua kali dan menikmati betul perjalanan menggunakan transportasi massal baru dengan rute stasiun Kelapa Gading-Velodrom ini.

Salah satu aspek yang membuatnya senang adalah LRT Jakarta yang bersih dan nyaman.

"Senang banget, karena bagus, bersih, enggak kotor. Orangnya ramah-ramah. Kita bangga sekarang sudah ada di LRT di Jakarta, sudah seperti negara-negara maju. Semoga bisa di-maintain ke depan, keamanan dan kebersihannya," ujar dia kepada Liputan6.com, Senin malam (18/3/2019).

"Oh iya, saya ini sudah dua kali mencoba dengan anak saya ini," dia menambahkan.

Adapula Andre (17) yang ikut mencoba LRT pertama di Indonesia ini. Menurut dia, kehadiran LRT Jakarta memudahkan perjalanan mereka, karena ke depannya juga akan terintegrasi dengan moda transportasi umum lain, seperti TransJakarta dan MRT Jakarta.

"Senang sekali, soalnya kan sudah lama juga ya ini enggak jadi-jadi. Pertama kali coba experienced-nya bagus, bersih juga. Moga terjaga terus kaya gini," ungkap dia.

 

Pemprov DKI Usulkan Tarif MRT Rp 10 Ribu dan LRT Rp 6.000

Rangkaian kereta ringan atau LRT rute Kelapa Gading-Velodrome melakukan uji coba, Jakarta, Senin (25/2). Rencana pengoperasian LRT fase 1 rute Kelapa Gading-Velodrome kembali ditunda hingga akhir Maret 2019. (Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusulkan kepada DPRD DKI tarif sebesar Rp 10.000 untuk moda raya terpadu (MRT) Jakarta, rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Sementara untuk light rail transit (LRT) rute Kelapa Gading-Velodrome, Pemprov DKI mengusulkan tarif Rp 6.000.

"Usulan Pemprov melalui suratnya Pak Gubernur, untuk MRT tarifnya sebesar Rp 10.000 dan LRT sebesar Rp 6.000, rata-rata," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Perekonomian DKI Jakarta, M Abas, dalam rapat bersama Komisi C Bidang Keuangan DPRD DKI Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Abas menjelaskan, tarif keekonomian untuk MRT Jakarta sebenarnya Rp 31.659 per penumpang, sementara tarif keekonomian untuk LRT Jakarta, yakni Rp 41.655. Oleh karena itu, Pemprov DKI menggelontorkan subsidi dari APBD agar tarif dapat diturunkan.

Abas menyebut jumlah subsidi untuk MRT Jakarta yakni Rp 21.659 per penumpang. Sementara subsidi per penumpang untuk LRT Jakarta yakni Rp 35.655.

Sementara estimasi jumlah penumpang pada 2019 untuk MRT Jakarta adalag 65.000 per hari, dan untuk LRT Jakarta yakni 14.255 penumpang per hari. Dengan demikian, jumlah subsidi yang dibutuhkan yakni Rp 572 miliar untuk MRT dan Rp 327 miliar untuk LRT.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Prabowo, Erwin Aksa: Saya dan Sandi Sahabat Sejati

Posted: 18 Mar 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Politikus Partai Golkar Erwin Aksa menyatakan dukungan kepada pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Keputusan Erwin ini bersebrangan dengan Partai Golkar yang resmi mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Perlu saya sampaikan bahwa memang betul saya mendukung pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi. Pilihan saya ini saya sadari tidak sejalan dengan pilihan Partai Golkar di mana saya bernaung saat ini," kata Erwin dalam surat terbukanya, Selasa (19/3/2019).

Erwin Aksa menegaskan, keputusannya itu atas nama pribadi dan bukan keputusan partai. Dia juga mengaku tidak pernah menggunakan atribut Partai Golkar untuk mengkampanyekan Prabowo-Sandi.

"Pilihan saya ini adalah pilihan pribadi dan dalam hal kampanye dan sosialisasi capres-cawapres selama ini saya tidak pernah mengatasnamakan dan menggunakan atribut Partai Golkar," ungkapnya.

Keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla ini juga mengaku dekat dan bersahabat dengan Sandiaga Uno. Baginya persahabatan lebih penting dari segalanya.

"Saya dan Sandiaga Uno merupakan sahabat sejati, mantan Ketua Umum Hipmi dan aktif di Kadin. Kami punya ikatan emosional yang tidak bisa kami hilangkan dan kami lupakan. Kami memiliki hubungan persahabatan yang hakiki," ujar Erwin Aksa.

Mohon Maaf

Erwin menggantikan Sandi menjadi Ketua Umum HIPMI Munas di Bali dan Sandi-lah yang membantunya sehingga saya bisa menjadi Ketua Umum HIPMI menggantikan Sandiujarnya.

Erwin juga minta maaf karena memiliki arah politik yang berbeda dari partainya. Dia pun menyatakan non aktif dari kepengurusan partai beringin hingga masa Pilpres 2019 berakhir.

"Akhirnya saya mohon maaf kepada seluruh kolega dan kader Partai Golkar di seluruh Indonesia, dan dengan ini saya menyatakan nonaktif dari kepengurusan Partai Golkar sampai proses pencapresan selesai," ucapnya.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Diminta Sabar dengan Spalletti

Posted: 18 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Prestasi Inter Milan tidak stabil di musim 2018 -2019. La Beneamata pun mulai dikabarkan akan mengganti pelatih Luciano Spalletti akhir musim nanti.

Inter Milan sudah tersingkir dari Liga Europa dan Coppa Italia. Mereka hampir pasti akan mengakhiri musim 2018-2019 dengan hampa gelar lagi. Pasalnya di Serie A sudah tertinggal 22 poin dari pemuncak klasemen Juventus. 

Jika Inter Milan sampai tak lolos ke Liga Champions musim depan, Spalletti diyakini akan didepak. Pria plontos itu pun mulai berada dalam tekanan hebat sejak awal Maret.

Melihat Spalletti yang berada di ujung tanduk, eks pemain Inter Milan Antonio Cassano memberikan pembelaan. Cassano menilai Inter Milan sebaiknya tidak memecat Spalletti. Bagi Cassano, Spalletti sudah melakukan tugasnya dengan baik.

"Saya tidak setuju dengan mereka yang mengatakan Spalletti harus diganti pada akhir musim," kata pria 36 tahun itu.

 

Sejak 2017

Pelatih Inter Milan, Luciano Spalletti (AFP Photo/Miguel Medina)

"Spalletti adalah orang yang setia, jujur, dan langsung, yang tidak bertele-tele. ia melakukannya dengan baik juga. Saya pikir dia melakukan pekerjaan dengan baik di Inter," tegas Cassano.

Spalletti mulai melatih Inter Milan pada Juni 2017. Di bawah asuhan Spalletti, La Beneamata lolos ke Liga Champions lagi musim ini. Tapi perjalanan Inter Milan terhenti di fase grup dan harus turun ke Liga Europa.

Klasemen Liga Italia

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Hepatitis B Penyebab, Gejala Serta Makanan yang Harus Dihindari

Posted: 18 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Hepatitis B adalah penyakit hati yang disebabkan oleh Virus Hepatitis B atau VHB. Penyakit Hepatitis B juga merupakan suatu anggota famili Hepadnavirus yang dapat menyebabkan peradangan hati akut atau menahun yang pada sebagian kecil kasus dapat berlanjut menjadi sirosis hati atau kanker hati.

Dibandingkan virus HIV yang dapat menyebabkan AIDS, virus Hepatitis B (HBV) seratus kali lebih ganas atau infectious dan sepuluh kali lebih sering menular. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit Hepatitis B ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Apalagi jika tidak segera ditangani, penderita penyakit Hepatitis B kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan lebih dari 680 ribu orang meninggal dunia tiap tahun akibat komplikasi Hepatitis B, seperti siroris dan kanker hati. Di Indonesia sendiri penderita hepatitis di Indonesia diperkirakan mencapai 28 juta orang, setengah di antaranya berpotensi untuk menjadi kronis dan 10 persen dari risiko kronis tersebut akan mengalami sirosis atau bahkan kanker hati.

Diagnosis penyakit Hepatitis B dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan darah,tes antigen dan antibodi untuk virus Hepatitis B, pemeriksaan darah untuk melihat fungsi hati. Sebelum itu ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa-apa saja penyebab dan gejala yang biasa dialami oleh penderita penyakit Hepatitis B. Berikut liputan6.com, Senin (18/3/2019) rangkum mengenai penyakit Hepatitis B termasuk penyebab dan gejalanya.

Penyebab penyakit Hepatitis B

Virus penyakit Hepatitis B ini tidak menyebar melalui makanan atau kontak biasa, tetapi dapat menyebar melalui darah atau cairan tubuh dari penderita yang terinfeksi. Seorang bayi dapat terinfeksi dari ibunya selama proses kelahirannya. Juga dapat menyebar melalui kegiatan seksual, penggunaan berulang jarum suntik, dan transfusi darah dengan virus di dalamnya.

Penyakit Hepatitis B nyatanya juga bisa disebabkan karena melakukan hubungan seksual yang tidak aman. Penyakit Hepatitis B bisa membahayakan jaringan hati yang berakibat dengan kegagalan hati hingga kematian akibat tidak ditangani dengan baik.

1. Kontak seksual

Kamu dapat terinfeksi penyakit Hepatitis B jika melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan orang yang terinfeksi. Dengan cara berhubungan seks seperti ini tanpa menggunakan kondom dengan seseorang yang terinfeksi penyakit Hepatitis B, kamu berpotensi besar terkena penyakit Hepatitis B.

2. Berbagi jarum suntik

Penyakit Hepatitis B ini juga dapat ditularkan melalui jarum suntik yang telah terkontaminasi dengan darah yang terinfeksi virus Hepatitis B. Melalui jarum suntik, prosedur pengobatan dan perawatan gigi di negara-negara dimana yang alat-alat nya tidak disterilkan atau dibersihkan dengan benar.

Tidak hanya itu kamu harus waspadai praktik tradisional dimana darah mungkin terlibat misalnya, tusuk jarum/akupunktur dan menggunakan peralatan tato yang tidak disterilkan dengan tepat serta termasuk pembuatan tato kosmetik.

3. Dari ibu ke anak

Ibu hamil yang terinfeksi HBV dapat menularkan virus kepada bayi mereka saat melahirkan. Pada saat kelahiran, dari seorang Ibu yang ter-infeksi kepada bayinya. Terutama di negara yang sedang berkembang. Namun, jika si anak tidak terkontaminasi menyusui anak adalah kategori aman, terutama bila sang bayi telah divaksinasi dengan imunisasi hepatitis B.

4. Tranfusi darah

Melalui transfusi darah khususnya di negara - negara yang tidak memeriksa apakah darah tersebut tercemar virus hepatitis B.

Gejala penyakit Hepatitis B

1. Sering sakit perut.

2. Urine berwarna gelap.

3. Demam.

4. Nyeri sendi.

5. Kehilangan selera makan.

6. Sering mual dan muntah.

7. Lesu dan sering mengalami kelelahan.

8. Kulit dan bagian putih mata tampak menguning.

Makanan yang harus dihindari

Junk Food

1. Cabai dan lada

Makanan dengan tambahan bahan cabai, bawang bombai, dan lada sebaiknya dihindari oleh penderita Penyakit Hepatitis B karena sifatnya terlalu panas bagi hati.

2. Gorengan

Makanan yang digoreng mengandung minyak yang terlalu banyak dan sifatnya membahayakan hati. Jadi masukkan gorengan ke dalam makanan yang harus dihindari penderita penyakit Hepatitis B.

3. Kafein

Entah itu kopi, cokelat, atau teh, makanan atau minuman berkafein tinggi juga perlu dihindari karena bisa memperparah kondisi penyakit Hepatitis B.

4. Karbohidrat olahan

Karbohidrat olahan mengandung glukosa tinggi yang bisa memperburuk kesehatan hati. Contoh makanan tersebut adalah produk roti, es krim, dan permen.

5. Alkohol

Bahkan bagi orang dengan kondisi sehat sekali pun, alkohol dianjurkan untuk tidak dikonsumsi. Jadi penderita penyakit Hepatitis B juga sebaiknya menghindari minuman ini.

6. Kacang

Kacang memang mengandung protein tinggi, tetapi makan kacang bisa membuat pembuluh darah menjadi panas. Sehingga kacang juga perlu dihindari oleh penderita penyakit Hepatitis B.

7. Daging olahan

Tidak peduli daging merah atau putih, jika diolah, penderita penyakit Hepatitis B sebaiknya tidak mengonsumsi makanan ini. Sebab daging olahan sama sekali tidak sehat bagi tubuh.

8. Keju

Keju mungkin mengandung susu yang menyehatkan. Tetapi kandungan lemak di dalam keju jauh lebih tinggi sehingga membuatnya menjadi makanan yang juga harus dihindari.

9. Zat besi

Hindari makanan yang kaya akan zat besi seperti bayam. Sebab mineral berupa zat besi sifatnya mampu mengeluarkan sodium yang mengganggu kinerja hormon dalam tubuh.

10. Teh

Satu lagi minuman yang juga bisa mengganggu metabolisme. Adalah teh, yang sebaiknya dihindari penderita penyakit Hepatitis B agar kondisinya tak semakin memburuk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesona Cinta, Lagu Perdana Adikara Fardy

Posted: 18 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adikara Fardy, penyanyi berusia 18 tahun ini pernah bergabung dengan project bersama Melly Goeslaw untuk mengisi soundtrack film Eiffel I'm in Love 2.

Pada tahun 2018, ia berkesempatan untuk mengisi acara musik jazz tahunan terbesar di Indonesia, Java Jazz Festival.

Adikara Fardy pernah menjadi salah satu pengisi di acara Chandra Darusman Live in Concert serta tampil pada Chaseiro All Stars pada pertengahan Februari 2019.

Penyanyi yang mengawali karier musiknya sebagai cover song singer di media sosial ini telah siap meluncurkan single perdananya, "Pesona Cinta". Berikut musik videonya yang diunggah oleh channel Trinity Production di Vidio.com.

 

Pesona Cinta

Setelah resmi bergabung dengan Trinity Optima Production, Adikara Fardy telah siap memamerkan lagu perdananya yang berjudul "Pesona Cinta". 

Lagu yang ditulisnya bersama Rendy Pandugo ini mengisahkan tentang seseorang yang perasaannya digantung oleh kekasihnya.

Adikara membuktikan kemampuannya dalam membuat dan membawakan musik jazz yang membesarkan namanya. Diharapkan musik video ini bisa menjadi pengenalan pertama sosok Adikara Fardy kepada pecinta musik. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Fakta Penggeledahan KPK dalam Kasus Suap Romahurmuziy

Posted: 18 Mar 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah Kantor DPP PPP dan ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim terkait kasus Romahurmuziy alias Romi, pada Senin 18 Maret 2019.

KPK menduga kasus ini tak hanya berhenti di politikus PPP itu. Diduga masih ada aliran suap yang juga masuk ke kantong partai berlambang Kakbah itu dari Romahurmuziy.

KPK kemudian mendalami aliran dana tersebut dengan melakukan penggeladahan di kantor DPP PPP dan ruang Kemenag.

Berikut sejumlah fakta terkait penggeledahan KPK yang dirangkum Liputan6.com:

1. Sita Uang Ratusan Juta Rupiah

Dari hasil penggeledahan di ruang kerja Menteri Agama Lukman Hakim Saefuddin, KPK membawa koper berisi barang sitaan yakni dokumen dan uang senilai ratusan juta rupiah dalam bentuk dolar Amerika dan rupiah.

"Kami temukan kemudian disita juga dari ruangan Menteri Agama sejumlah uang dalam bentuk Rupiah dan Dollar dengan nilai seratusan juta rupiah," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin 18 Maret 2019.

Penemuan uang tersebut akan didalami lembaga antirasuah, kata Febri. Namun dirinya memastikan bahwa penggeledahan dilakukan lantaran diduga terdapat bukti-bukti lain yang menguatkan kasus suap jual beli jabatan di Kemenag ini.

2. Segel Dibuka, Menag Langsung Bekerja

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin memberi pernyataan resmi terkait hasil OTT KPK terhadap dua pejabat kantor wilayah Kemenag terkait dugaan jual beli jabatan di Kementerian Agama, Jakarta, Sabtu (16/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin langsung bekerja lagi di kantornya di Kementerian Agama pascapenggeledahan KPK. Dirinya memasuki ruangan untuk menandatangani sejumlah surat.

"Saya dapat informasi bahwa ruangan saya sudah bisa dibuka lagi dan proses penggeledahan KPK sudah katanya, saya mendapat informasi sudah selesai. Sehingga saya harus segera memasuki ruangan saya karena ada beberapa surat-surat yang harus saya tindak lanjuti, harus saya baca, harus saya tandatangani," jelas Lukman di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Senin 18 Maret 2019.

Lukman mengatakan, dia menunggu KPK menindaklanjuti penggeledahan tersebut. Nantinya, dia baru akan memberikan pernyataan resmi ke masyarakat terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan sejumlah pejabat Kemenag.

Sebelumnya Ruang kerja Lukman sempat disegel KPK pada jumat malam, 15 Maret 2019 setelah tim penindakan mengamankan Ketum PPP dalam OTT. Penyegelan ini dilakukan untuk mendalami kasus Romi.

3. KPK Akan Panggil Menag

Setelah penggeledahan dan penyitaan barang bukti, KPK akan memanggil Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kemenag. Pemanggilan dilakukan untuk mendalami penemuan uang ratusan juta di ruang kerjanya.

"Kemungkinan (pemanggilan Lukman) itu terbuka, ya, sepanjang dibutuhkan oleh penyidikan. Apalagi juga ada beberapa dokumen dan uang yang di amankan atau disita dari ruangan Menteri Agama hari ini," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Senin 18 Maret 2019, dilansir dari Merdeka.com.

Namun, Jubir KPK itu masih belum mengetahui kapan penyidik lembaga antirasuah mengklarifikasi uang ratusan juta kepada Menag Lukman. Hal tersebut menurut Febri tergantung pada kebutuhan tim penyidik.

"Nanti baru diinformasikan lagi kalau sudah ada jadwalnya," jelasnya.

 

Reporter: Dewi Larasati

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protes Live Streaming Penembakan Christchurch, CEO AirAsia Tutup Akun Facebook

Posted: 18 Mar 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Tony Fernandes, menutup akun Facebook miliknya. Penutupan akun ini dilakukannya pasca insiden penembakan massal di masjid Christchurch, Selandia Baru.

Dikutip dari Bloomberg, Selasa (19/3/2019), Fernandes merasa Facebook tidak maksimal dalam menghentikan penyebaran kebencian. Ia merasa beredarnya video live streaming penembakan massal tersebut sudah berlebihan.

"Menutup akun [Facebook]( 391784 "") saya yang memiliki 670 ribu follower. Saya hanya memikirkan tentang Twitter sekarang, menutup atau melanjutkannya. Banyaknya kebencian yang ada di media sosial kadang melebihi kebaikannya. Namun, di Twitter saya pikir perjuangan saya masih berlanjut," kicau Fernandes melalui akun Twitter miliknya.

Facebook, kata Fernandes, seharusnya bisa melakukan lebih banyak hal untuk menghentikan masalah tersebut. Ia sendiri kerap menjadi korban banyak cerita bitcoin palsu, dan berbagai hal lainnya.

Ia pun merasa video live streaming pembunuhan massal sudah melebihi batas.

"17 menit live streaming pembunuhan dan kebencian!!! Ini harus dibersihkan dan tidak hanya berpikir soal finansial," sambung Fernandes.

Fernandes merupakan petinggi perusahaan yang cukup aktif di media sosial. Ia memiliki 670 ribu follower di Facebook.

Facebook Hapus 1,5 Juta Video Penembakan Masjid di Selandia Baru

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Facebook mengaku telah menghapus setidaknya 1,5 juta video keji penembakan masjid di Selandia Baru, yang beredar selama 24 jam setelah aksi teror berlangsung, Jumat 15 Maret 2019. Video ini beredar luas di berbagai platform media sosial, usai teroris bernama Brenton Tarrant melakukan live streaming di Facebook.

"Dalam 24 jam pertama (setelah kejadian), kami menghapus 1,5 juta video penembakan secara global, di mana 1,2 juta video langsung kami hapus saat masih dalam proses pengunggahan," kata Facebook sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Reuters.

Media sosial besutan Mark Zuckerberg ini menyebut, pihaknya juga telah menghapus video serupa yang telah diedit. Video-video yang diedit tidak menampilkan grafis kekerasan, tapi Facebook menghapusnya untuk menghormati orang-orang yang terdampak aksi teror. Hal ini juga dilakukan atas permintaan pemerintah setempat. 

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parah, Pelanggaran Lalu Lintas di DKI Jakarta Meningkat 24 Persen

Posted: 18 Mar 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jakarta merupakan kota metropolitan dengan kepadatan arus lalu lintas tingkat tinggi. Sebagai pusat ekonoki Indonesia, segala jenis kendaraan bermotor berlalu lalang, dari roda dua, roda empat, angkutan barang, hingga angkutan umum.

Sayangnya, kepadatan lalu lintas tidak diiringi dengan ketaatan pengendara mematuhi aturan. Terbukti, angka pelanggaran lalu lintas kian meningkat. Tercatat pada 2018, terdapat 1.617.566 pelanggaran yang dilakukan pengendara di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Angka tersebut meningkat sekitar 24,13 persen dari tahun sebelumnya yang mencatatkan angka 1.303.157 pelanggaran. Dari angka pelanggaran tersebut, tidak seluruhnya diberikan tindakan penilangan, namun ada juga yang diberikan teguran.

"Jumlah pelanggaran di 2018 mengalami peningkatan sekitar 24 persen dibanding 2017. Tentu peningkatan ini bukanlah sebuah hal yang positif melainkan sebuuah catatan serius bagi kita semua para stake holder yang memiliki peranan untuk menurunkan angka itu," ujar Kompol Muhammad Nasir selaku Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya.

Kompol Muhammad Nasir juga menjelaskan, bahwa mayoritas jenis pelanggaran tersebut merupakan pelanggaran yang sebenarnya bersifat sepele, seperti; melanggar rambu lalu lintas, melawan arah, tidak mengenakan helm, menerobos lampu merah dan sebagainya. Meskipun mungkin terkesan sepele, namun hal tersebut tetaplah berbahaya dan dapat menimbulkan kecelakaan fatal.

 

Angka Pelangaran Lalu Lintas di DKI Jakarta meningkat 24 persen. (M Ikbal/Otosia.com)

Banyak yang Tidak Punya SIM

Penerbitan SIM 2018 relatif rendah dibanding jumlah kendaraan yang ada. (M Ikbal/Otosia.com)

Kurangnya kesadaran tertib berlalu lintas bagi para pengendara dinilai memiliki andil besar atas pelanggaran-pelanggaran tersebut. Dirinya mengatakan, banyak sekali pengendara yang hanya taat saat ada petugas saja.

"Banyaknya kan pengendara itu hanya taat saat ada petugas saja. Tapi saat sepi mereka biasanya akan melanggar. Misal saat lampu merah, terutama saat malam hari, kadang merasa lalu lintas sudah sepi dan tidak ada petugas, ya udah mereka terobos saja. Nah ini yang sangat berbahaya," jelas Kompol Muhammad Nasir.

Selain jenis pelanggaran-pelanggaran tersebut, Kompol M. Nasir juga mengatakan, banyak pengendara yang belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), namun tetap nekat mengemudi. Selain berdasarkan temuan dari fakta di lapangan, hal tersebut juga sesuai dengan data SIM yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda Metro ternyata tidak sesuai dengan tingginya populasi kendaraan di DKI Jakarta.

Tercatat pada 2018 lalu, Samsat memproduksi SIM sebanyak, 292,734 kartu. Jika dibandingkan dengan jumlah kendaraan di DKI Jakarta tentu hal tersebut sangat berbanding terbalik. Tentunya hal tersebut juga akan menjadi perhatian dari pihak kepolisian dan instansi terkaitnya dalam membenahi dan menjelaskan tentang pentingnya kesadaran tertib berlalu lintas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sidang Berlanjut, Ratna Sarumpaet Akan Hadirkan Fahri Hamzah

Posted: 18 Mar 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terdakwa Ratna Sarumpaet mengaku tak terima dengan penolakan eksepsi dari majelis hakim. Artinya, Ratna harus melanjutkan sidangnya dalam pembahasan pokok perkara dengan pembuktian sejumlah saksi.

"Hati saya menerima? Ya enggak. Tapi kan yang punya palu bukan saya," kata Ratna usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

Meski tak menerima, Ratna menyatakan siap menjalani proses persidangan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi dihadirkan. "Ya Insyaallah siap," tegas dia.

Diketahui, majelis hakim menolak eksepsi yang diajukan tim pengacara Ratna Sarumpaet. Ada empat poin dibacakan, satu menolak eksepsi penasihat hukum terdakwa. Dua menyatakan surat dakwaan jaksa telah disusun secara cermat dan lengkap.

Meski demikian, Ratna mengaku siap untuk menghadapi sidang selanjutnya. Pengacara hukum Ratna Sarumpaet, Insank Nasariddin membenarkan bahwa Fahri Hamzah akan dihadirkan di sidang kliennya. Kendati, dia belum dapat memastikan 100 persen Fahri Hamzah di sidang nantinya.

"Ya, kemarin itu untuk menyampaikan apa beliau bersedia jadi saksi meringankan, kita belum bisa (pastikan) sampaikan saat ini, karena pembuktian saksi dari jaksa aja kan belum kan," kata Insank usai persidangan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Jangan Ada Ego Sektoral Kelola Transportasi Jabodetabek

Posted: 18 Mar 2019 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi meminta kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah menghilangkan ego sektoral dalam pengelolaan transportasi Jabodetabek. Dia ingin kepentingan transportasi nasional diletakkan di atas kepentingan institusi.

"Tidak ada lagi yang namanya ego sektoral, ego kementerian, ego daerah. Saya kira semuanya yang ada adalah kepentingan nasional," tegas Jokowi dalam rapat terbatas Lanjutan Pembahasan Kebijakan Pengelolaan Transportasi Jabodetabek di Kantor Presiden Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Jokowi kembali mengingatkan, berdasarkan temuan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) negara mengalami kerugian sebesar Rp 65 triliun akibat kemacetan di Jabodetabek. Sementara angka kerugian yang ditemukan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lebih besar, yakni mencapai Rp 100 triliun.

Jokowi menyebut, temuan kerugian tersebut sangat besar sehingga memerlukan penanganan pengelolaan transportasi yang cepat dan terintegrasi.

"Paling penting dalam peintegrasian antara sistem transportasi perkotaan dengan tata ruang itu. Kemudian kesinambungan, terkesambungan antar moda baik nantinya MRT, LRT, Transjakarta, kemudian moda moda yang lainnya KRL, angkutan umum lainnya," sebut Jokowi.

Percepatan Segera

Mantan Wali Kota Solo ini menegaskan, pada ratas sebelumnya dia sudah menugaskan Jusuf Kalla untuk mengkoordinasikan dengan seluruh menteri dan gubernur terkait untuk melakukan percepatan, perintegrasian sistem dan pengelolaan jaringan transportasi perkotaan maupun antar wilayah. Percepatan dan perintegrasian sistem transportasi ini tak bisa ditunda lagi.

Jokowi meyakini, langkah tersebut dapat mengurangi kemacetan di kawasan Jabodetabek dan bisa menekan kerugian negara.

"Saya meyakini langkah tersebut akan mengurangi kemacetan di Jabodetabek. Kita harapkan selesainya nanti MRT, LRT serta yang lainnya rakyat akan mendapatkan sebuah layanan transportasi massal yang nyaman aman dan yang lebih baik," kata dia.

 

Reporter: Titin Suprihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pembalap Terbaik Ducati di MotoGP, Tak Ada Nama Rossi

Posted: 18 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Bologna - Menjadi pabrikan yang identik dengan WorldSBK dan turun di MotoGP sejak 2003, Ducati Corse dikenal memiliki sederet pebalap dengan nama besar. Sang sporting director, Paolo Ciabatti pun baru-baru ini mengungkapkan empat rider yang ia anggap punya peran mencolok dalam kiprah pabrikan Italia tersebut.

Hal ini ia nyatakan dalam wawancaranya dengan Sportbike Magazine. Ciabatti mulai bergabung dengan Ducati sebagai export manager pada 1997 setelah melepaskan jabarannya sebagai Commercial Director Mazda Motor Italia.

Ia sempat hengkang dari Ducati pada 2007 untuk menjadi Sporting Director WorldSBK. Namun, dia kembali pada 2013, juga untuk memegang jabatan sebagai sporting director.

Tugas Ciabatti adalah menarik minat sponsor, menjalankan usaha pemasaran, memburu kontrak pebalap dan mengurus segala hal non-teknis untuk Ducati baik di MotoGP maupun WorldSBK.

Atas hal ini ia pun 'menyaksikan' berbagai pembalap menggores sejarah bagi Ducati di ajang MotoGP, dan ia pun menyebut empat rider yang tak terlupakan.

Daftar 4 Rider Ducati Terbaik

Mendiang Nicky Hayden pernah mengendarai motor Ducati di lintasan MotoGP. (AP Photo/Manu Fernandez, File)

Troy Bayliss

"Di samping merupakan salah satu rider terhebat dalam sejarah balap motor, Troy merupakan teman dekat kami, dan masih sampai sekarang. Kami berbagi begitu banyak momen fantastis bersama, termasuk tiga gelar WorldSBK dan kemenangan bersejarah di MotoGP Valencia 2016 sebagai rider wildcard untuk MotoGP," ujar Ciabatti.

Andrea Dovizioso

"Kami datang ke Ducati bersama-sama pada 2013, dan saat itu adalah tahun yang sungguh berat bagi kami berdua, tapi kami tak menyerah, dan selangkah demi selangkah, dengan usaha yang sangat keras, kami mampu membalikkan situasi," ungkapnya.

Nicky Hayden

"Saya bekerja dengan Nicky hanya selama setahun, yakni musim terakhirnya di Ducati. Ia menjadi bagian keluarga kami selama lima tahun di MotoGP, dan ia bertahan dengan kami dalam susah maupun senang. Meski tak pernah menang dengan Ducati, ia selalu kompetitif dan berkelas sepanjang waktu. Bahkan sampai sekarang, jika berkeliling di markas Ducati, Anda akan lihat memorabilia Nicky nyaris di seluruh kantor kami. Ia adalah sosok yang sangat kami cintai, dan kami sangat sedih atas kematiannya," tutur Ciabatti.

Casey Stoner

Casey Stoner

"Gelar Casey bersejarah bagi Ducati karena saat itulah gelar pertama kami di MotoGP usai kesuksesan bertahun-tahun di WorldSBK. Kami meraihnya hanya dalam kurun lima tahun, dan jelas prestasi ini takkan pernah kami lupakan. Selain itu, merebutnya di Jepang, di hadapan seluruh rival utama kami sungguh emosional. Ini membuktikan bahwa pabrikan Italia yang relatif 'kecil' bisa perkasa dan mengalahkan pabrikan- pabrikan raksasa, dan menegaskan nama kami di dunia pemasaran," pungkas pria asal Italia ini.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Infrastruktur Langit yang Ma'ruf Amin Sebut saat Debat Cawapres

Posted: 18 Mar 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Ma'ruf Amin sempat menyebut perihal infrastruktur langit" pada debat cawapres yang berlangsung Minggu malam, 17 Maret 2019.

Lalu apa infrastruktur langit yang dimaksud Ma'ruf Amin?

Infrastruktur langit, menurut Ma'ruf Amin adalah pembangunan infrastruktur internet di Indonesia melalui Palapa Ring. Keberadaan infrastruktur langit yang mendukung jaringan internet telah mendukung pesatnya pertumbuhan ekonomi digital Indonesia seperti start-up dan dapat membuka lebih banyak lapangan kerja.

"Dengan adanya infrastruktur langit sekarang ini, infrastruktur digital telah tumbuh. Usaha-usaha start-up yang dalam tempo lima tahun atau empat tahun, telah berkembang menjadi 1.000 start-up," ucap Ma'ruf.

Sebelum ada istilah infrastruktur langit, ada istilah serupa yakni tol langit yang digunakan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) saat membahas infrastruktur digital, yaitu proyek Palapa Ring. Proyek tersebut dibangun untuk memperkuat sinyal telekomunikasi di Indonesia.

"Pak Jokowi dan JK (Presiden dan Wakil Presiden) ingin ada pembangunan di seluruh Indonesia. Sekarang ada tol darat, tol laut, dan ini tol langit sebagian," ungkap Rudiantara pada Januari lalu.

Rudiantara, menggambarkan proyek Palapa Ring untuk menghadirkan sinyal telekomunikasi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk akses internet, sebagai "tol langit". Kehadiran tol langit ini akan kian memperkuat pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia. 

Proyek Palapa Ring terdiri atas paket Barat, Tengah, dan Timur. Palapa Ring Barat dan Tengah baru rampung tahun lalu. Adapun Palapa Ring Timur masih dalam tahap pembangunan dan targetnya selesai pertengahan tahun ini. 

"Kuartal II tahun ini, semuanya sudah 100 persen, sehingga pertengahan tahun semua sudah diintegrasikan. Tujuan Palapa Ring ini agar akses internet ada di mana-mana, dan harga jual paketnya tidak berbeda satu sama lain. Selain itu, dengan adanya Palapa Ring, tidak ada lagi daerah perbatasan yang terisolir," jelas Rudiantara.

Setelah pembangunan selesai, operator telekomunikasi bisa memanfaatkan layanan Palapa Ring dengan skema tarif yang telah ditetapkan berdasarkan penyediaan kapasitas pita lebar atau bandwidth, dan kabel serat optik pasif atau dark fibre.

Cawapres Ma'ruf Amin Targetkan 3.500 Start Up Lahir sampai 2024

Startups (landt.co)

Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ma'ruf Amin mengatakan bersama Calon Presiden (Capres) Joko Widodo menargetkan akan terbentuk 3.500 usaha rintisan (start up) di Indonesia sampai 2024.

"Dengan adanya infrastruktur digital telah tumbuh usaha start up yang dalam tempo 5 tahun, kita telah kembangkan 1.000 start up. Padahal di Iran untuk 1.000 start up memerlukan 10 tahun," jelas dia saat Debat Cawapres di Jakarta, Minggu (17/3/2019). 

Keberadaan perusahaan rintisan yang terus tumbuh ini diharapkan bisa membuka lapangan pekerjaan yang besar bagi masyarakat. Dengan demikian jumlah pengangguran yang sudah turun bisa lebih turun lagi.

Dia juga memastikan jika jumlah pekerja asing di Indonesia masih terkendali. Angkanya disebut hanya 0,01 persen dari jumlah pekerja di Indonesia.

Pengendalian keberadaan pekerja asing ini karena aturan yang ada. "Tenaga kerja asing di Indonesia terkendali dengan aturan yang ada. Jumlahnya di bawah 0,01 persen dan itu adalah paling rendah di seluruh dunia sehingga kita bisa," katanya.

Dia mengatakan untuk memberikan lapangan kerja akan bekerja sama dengan dunia usaha dan memberikan akses keuangan. Dengan demikian, akan tumbuh lapangan kerja.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Jaket Pria yang Populer di Tahun 2019, Bikin Penampilan Makin Keren

Posted: 18 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jaket adalah salah satu busana fashion yang pasti dimiliki oleh setiap orang, karena memang pada dasarnya jaket berfungsi sebagai pelingdung tubuh dari cuaca yang dingin. Kata jaket atau dalam bahasa Inggrisnya adalah "jacket" berasal dari kata dalam bahasa Perancis yaitu "jaquette." Istilah ini datang dari era Perancis Pertengahan yaitu dari kata benda "jaquet" yang merujuk pada tunik yang kecil atau ringan.

Di sisi lain jaket juga menjadi penunjang gaya fashion yang sangat populer saat ini. Jaket tidak hanya dijadikan salah satu pelengkap fashion wanita, namun jaket juga dijadikan busana fashion pria. Saking banyaknya jenis jaket yang muncul, enggak jarang kita sendiri mungkin bingung dengan model, bentuk, hingga nama jenis jaket yang bermunculan.

Untuk pria sendiri ada beberapa jenis jaket yang biasa dipakai dan sering digunakan dalam kegiatan serta aktivitas sehari-hari. Ada banyak ragam jenis jaket pria saat ini, berikut liputan6.com rangkum, Jumat (15/3/2019) dari berbagai sumber jenis jaket pria yang populer dan sering digunakan di tahun 2019.

Jenis Jaket Pria

1. Jaket kulit bomber

 

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jaket kulit ini memiliki bentuk pinggang yang panjang dengan kain lapisan dalam yang lembut. Biasanya, lapisan dalam digunakan juga pada pinggiran kerah. Ukuran pinggang dan lengan terkadang dibuat sedikit kecil dengan tujuan untuk menyesuaikan jaket pada badan si pengguna. Jika kamu membutuhkan jenis jaket pria yang hangat di musim dingin, bomber flight bisa menjadi alternatif yang tepat.

2. Jaket motor

 

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Sama seperti dengan bomber, jaket motor ini juga terbuat dari bahan kulit. Jaket ini biasanya digunakan oleh pria yang suka berkendara menggunakan motor. Jaket yang biasa digunakan pengendara motor diantaranya ada jaket motor double rider dan jaket motor racer. Jenis jaket pria double rider merupakan jaket kulit jenis yang memiliki kerah dan cenderung lebar dengan gaya penutup yang rapat. Tak heran, jika jenis jaket kulit ini menjadi pilihan para pengendara sepeda motor dan bahkan menjadi identik dengan mereka.

Sedangkan jenis jaket pria racer, merupakan jaket kulit yang lebih dikenal dengan sebutan jaket motorcross atau jaket racer. Bentuk jaket kulit ini tergolong netral karena bentuknya yang sederhana dengan corak dan warna alami bahan kulit yang polos. Jaket ini sangat sesuai untuk gaya yang tidak menyukai gaya mencolok.

3. Jaket parka

 

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jenis jaket pria yang satu ini konon katanya berasal dari orang-orang Inuit atau Eskimo untuk melindungi tubuh mereka dari hawa dingin yang ekstrem. Potongannya yang nyaman dan hoodie atau tudung berbulu menjadi populer di kalangan militer Amerika Serikat pada tahun 50an sebelum variasi ekor ikan selama Perang Korea.

Sedangkan untuk di Indonesia jaket ini baru booming beberapa tahun belakangan ini dan sudah banyak sekali digunakan dan dipakai oleh pria serta anak muda zaman sekarang. Seiring perkembangannya jaket parka saat ini didesain lebih tahan air dan apik ketika dipadupadankan dengan busana kasual lainnya seperti celana jeans dan sepatu trainer.

Jaket Pria yang populer

4. Jaket Bomber

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Memiliki nama lain "flight jacket", jenis jaket pria ini awalnya dipakai oleh para pilot dan menjadi tren fashion remaja di tahun 1970an. Bahkan di tahun 1990an, jaket ini kembali menjadi trend karena digunakan oleh para penyanyi dan musisi hip hop. Jaket ini memiliki ciri khas berbentuk bulky atau gemuk, dilengkapi dengan risleting dan saku yang berada di kedua sisinya.

Jaket bomber ini belum lama ini sempat viral dan booming di Indonesia. Bagaimana tidak, sosok Presiden Indonesia, Joko Widodo saat itu juga ikut mengenakan jaket bomber warna hijau lumut di sela-sela kesibukannya. Ciri lain cukup khas dari jaket bomber adalah adanya semacam kantong di bagian depan sisi kanan dan kiri bagian jaket dan peletakan kantong umumnya dengan posisi menyerong atau diagonal.

5. Jaket Varsity

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jaket varsity sebenarnya berasal dari jaket yang dikenakan oleh para mahasiswa universitas Harvard yang tergabung dalam tim football di tahun 1865. Jenis jaket pria tersebut merupakan simbol kebanggaan mereka sebagai mahasiswa kampus bergengsi di dunia ini.

Ciri khas dari jenis jaket pria ini adalah huruf yang dibordir pada bagian dada kiri. Bahkan ini dapat menjadi inisial pemiliknya. Tidak hanya digunakan remaja di luar negeri saja, jenis jaket ini juga telah menjadi trend di kalangan remaja Indonesia.

6. Jaket Windbreaker

Jenis Jaket Pria (sumber: iStock)

Jenis jaket pria ini mungkin jarang dikenal oleh pria di Indonesia, tapi sebenarnya jaket ini sudah banyak digunakan oleh pria di di Indonesia. Jaket ini memiliki ciri khas karet di pergelangan tangannya, memiliki hoodie dan kerah sehingga cocok bagi yang sering menghabiskan waktu di daerah yang berhawa dingin atau para pengendara motor.

Jaket ini didesain secara khusus sehingga mampu menjaga suhu tubuh tetap normal dan merasa hangat meskipun kondisi cuaca sedang tidak bersahabat atau kondisi cuaca yang ekstrem seperti angin besar hingga suhu yang dingin. Namun, jaket ini juga sering menjadi alternatif karena harganya yang murah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Korban Kebakaran Krukut Dapat Bantuan Rp2,5 Juta

Posted: 18 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan akan membantu korban kebakaran krukut Rp2,5 juta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bercerai Dua Kali, Kalina Ocktaranny Belum Berpikir Menikah Lagi

Posted: 18 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kalina Ocktaranny sudah dua kali mengalami kegagalan dalam berumah tangga. Pertama, ia harus merelakan pernikahannya dengan Deddy Corbuzier kandas.

Yang kedua, biduk rumah tangganya dengan Muhammad Hendrayan hanya sanggup bertahan selama 10 bulan. Kegagalan kali kedua ini tentu membuat Kalina Ocktaranny semakin berhati-hati dalam memilih pasangan.

Dan untuk saat ini, janda satu anak itu mengaku sedang ingin fokus untuk bekerja di dunia hiburan, tepatnya akting. Menikah lagi belum menjadi hal yang prioritas bagi Kalina Ocktaranny.

"Saya masih single. Saya lagi menikmati sendiri, saya lagi menikmati kebahagiaan yang saya ciptakan. Buat saya orang lain sebagai bonus untuk memberikan kebahagiaan bagi saya," kata Kalina Ocktaranny saat ditemui di kawasan Petukangan Selatan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

Pilih Bekerja

Kalina Ocktaranny [foto: instagram/kalinaocktaranny]

Bagi Kalina Ocktaranny, kebahagiaan tak selamanya diukur dari kesuksesan sebuah pernikahan. Untuk saat ini, bahagia versi Kalina Ocktaranny adalah bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik.

"Kita ciptakan kebahagiaan sendiri. Kalau orang yang kita anggap bikin bahagia nggak bisa kan jadi sedih, kasarannya udah lah ya. Umur Sudah segini, kalau saya nggak bahagia, anak saya gimana? Kalau anak saya sakit gimana? Saya kerja aja cari uang," Kalina Ocktaranny mengungkapkan.

 

Tak Trauma Menikah

Kalina Ocktaranny (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kalina Ocktaranny tak menampik jika dirinya begitu kecewa karena jatuh ke lubang yang sama dua kali. Namun ia menegaskan bakal segera move on dan bangkit agar tak membebani pikiran sang buah hati.

"Saya nggak mau menjadi trauma dan kecewa sebagai penghambat move on ke depannya. Hanya saja saya lebih memilih lagi, tapi gagal. Saya nggak mau tersandung di lubang yang sama untuk ketiga kalinya nih. Semuanya saya jadikan pelajaran, mau menjadi Kalina yang lebih baik lagi, menjadi Kalina yang anaknya bangga sama ibunya," dia memungkasi. (Kapanlagi.com/ Akbar Prabowo Triyuwono)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banjir Sentani, Buaya dan Hiu Mampir ke Permukiman Warga

Posted: 18 Mar 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banjir Sentani Jayapura bukan hanya membawa material pasir dari pegunungan. Meluapnya Danau Sentani akibat intensitas hujan yang tinggi juga membuat hewan-hewan yang berhabitat di danau tersebut masuk ke permukiman warga.

Salah seorang warga di kampung Yoka, yang berada di Distrik Heram, Jayapura, mendapati rumahnya disatroni buaya berukuran lebih dari dua meter. Kampung Yoka memang berdekatan dengan Danau Sentani. Diduga buaya yang masuk ke rumah warga tersebut merupakan buaya penghuni danau.

Tak hanya itu, warga juga mendapati anak-anak hiu terdampar ke permukiman warga.  

Peneliti dari Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto, mengemukakan pada masa lalu Danau Sentani merupakan bagian dari laut yang menjorok ke darat. "Bagian laut ini, sebelah utara berbatasan dengan Gunung Dafonsoro atau kini Cagar Alam Cycloops. Bagian laut ini terhubung oleh sungai dan mata air dari Cycloops," katanya, seperti dikutip Antara, Selasa (19/3/2019). 

Pergerakan lapisan bumi, kata Hari, kemudian membuat air Danau Sentani yang semula asin menjadi tawar.

"Hiu yang merupakan ikan air asin kemudian beradaptasi dengan air danau dan air sungai atau sumber mata air tawar yang terhubung dengan Danau Sentani. Dalam perkembangannya hiu-hiu ini berubah menjadi ikan hiu air tawar," katanya. 

Dia mengungkapkan, bukti arkeologi menunjukkan adanya motif-motif ikan hiu di Situs Megalitik Tutari. Selain itu, ia menambahkan, Suku Sentani yang tinggal di Pulau Asei menggambarkan ikan hiu pada lukisan kulit kayu.

Hari menuturkan memori Suku Sentani tentang ikan hiu, yang dikabarkan sempat menghilang dari Sentani dan terakhir ditangkap tahun 1970-an, juga tertuang dalam lambang klub sepakbola kebanggaan Kabupaten Jayapura, Persidafon Dafonsoro.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Truk Pengangkut Cabai Tabrak Motor di Blora, 1 Orang Tewas

Posted: 18 Mar 2019 09:22 PM PDT

Patroli, Blora - Kecelakaan yang melibatkan sebuah truk dan tiga sepeda motor terjadi di Jalan Raya Purwodadi, Blora, Jawa Tengah. Truk saat itu melaju dari arah Blora menuju arah Purwodadi dengan kecepatan tinggi.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (19/3/2019), namun tiba-tiba truk bermuatan cabai hilang kendali hingga akhirnya keluar dari badan jalan dan menabrak tiga sepeda motor dari arah berlawanan.

Akibatnya, seorang pengendara bernama Nawang Sila tewas dalam perjalanan ke Puskesmas Wirosari. Sementara, dua pengendara lainnya mengalami luka serius.

Sopir truk yang sempat menjadi bulan-bulanan warga kini diamankan aparat Polres Grobogan untuk dimintai keterangan. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tewas Kecelakaan Speedboat di Sungai Musi Jadi 7 Orang

Posted: 18 Mar 2019 09:21 PM PDT

Patroli, Palembang - Tim SAR gabungan kembali menemukan dua jenazah penumpang speedboat atau kapal cepat di Perairan Banyuasin, Sumatra Selatan. Korban teridentivikasi bernama Husnul (60 tahun) dan Sopian (63 tahun).

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (19/3/2019), dengan bertambahnya dua pria tersebut, maka jumlah korban tewas mencapai tujuh orang. Namun, sejauh ini manifes atau jumlah penumpang kapal cepat bernama Awet Muda itu masih simpang siur.

Kecelakaan kapal cepat AM berlangsung Senin sekitar pukul 10.00 WIB di Perairan Upang Jaya, Kabupaten Banyuasin.

Banyaknya korban diduga akibat tidak menggunakan jaket pengaman standar keselamatan.

Sementara pihak Dinas Perhubungan masih menyelidiki penyebab pasti kecelakaan yang diduga akibat menabrak batang pohon di tepi perairan sungai. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Dinosaurus yang Pernah Hidup di Bumi, Ada yang Berukuran Kecil

Posted: 18 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratusan tahun lalu sebelum adanya manusia, Bumi hanya berisikan dengan tumbuhan dan binatang raksasa saja. Ya, salah satu binatang raksasa yang tak asing di telinga Anda adalah dinasaurus. 

Benar saja, ternyata binatang bertubuh sangat besar ini pernah menjadi penghuni Bumi sekitar 230 juta tahun yang lalu.

Dinosaurus merupakan kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Awal pertama kali muncul dinosaurus ini pada periode Trias. Dinosaurus merupakan hewan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura atau sekitar 201 juta tahun yang lalu.

Hingga berakhirnya pada periode Kapur, kira-kira sekitar 65 juta tahun yang lalu. Kemudian dinosaurus musnah akibat peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum era Mesozoikum.

Walaupun binatang raksasa tersebut sudah punah, namun kita masih bisa melihat sosok binatang purbakala ini berkat ditemukannya fosil-fosil oleh para ilmuwan.

Meski tak bisa melihatnya secara utuh dan langsung seperti aslinya, namun ada beberapa cara yang bisa kita lakukan sebagai manusia di zaman sekarang ini, yaitu dengan melihat film ataupun buku yang membahas tentang dinosaurus.

Sejak fosil dinosaurus ditemukan pertama kali pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi atraksi utama di berbagai museum di seluruh dunia, dan dinosaurus juga telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kebudayaan dunia.

Memiliki ukuran yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan mengerikan telah menyebabkan munculnya buku-buku dan film yang mengisahkan tentang dinosaurus ini. Ya, salah satunya adalah dengan adanya film seperti Jurassic Park, Jurassic World, film kartun The Land Before Time, dan lain sebagainya.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (19/3/2019) rangkum dari berbagai sumber tentang jenis dinosaurus yang sempat menjadi penghuni bumi ini.

Jenis Dinosaurus Tyronnosaurus Rex dan Brontosaurus atau Apatosaurus  

Tyronnosaurus Rex

Jenis dinosaurus yang sangat populer ini biasa dikenal dengan T-Rex. Tentu saja, hal ini berkat adanya pengaruh dari film-film Hollywood tentang dinosaurus. Binatang ini menjadi karnivora darat terbesar sepanjang sejarahnya.

T-Rex juga dikenal sebagai predator ganas dengan gigitan tertajam di antara binatang purba lainnya.

Ilustrasi jenis dinosaurus Tyronnosaurus Rex (Sumber: Istockphoto)

Brontosaurus atau Apatosaurus

Apatosaurus atau yang biasa dikenal dengan Brontosaurus merupakan salah satu jenis dinosaurus yang memiliki leher panjang dan tubuhnya bisa mencapai 26 meter dengan berat 32 ton.

Habibat Brontosaurus ini ada di tepi danau dan hutan serta termasuk ke dalam binatang herbivora.

Jenis dinosaurus Brontosaurus (Sumber: Istockphoto)

Jenis Dinosaurus Triceratops dan Velociraptor

Triceratops

Jenis dinosaurus yang satu ini terkenal dan biasa disebut Tritop. Ini merupakan jenis dinosaurus yang memiliki tiga tanduk dengan badan yang besar. Tanduknya memiliki fungsi untuk menyerang musuh.

Panjang tanduk Tritop ini bisa mencapai 9 meter, dengan tingginya mencapai 3,8 meter, dan beratnya 6,8 ton.

Jenis Dinosaurus Triceratops (Sumber: Istockphoto)

Velociraptor

Jenis dinosaurus ini biasa disingkat dengan Raptor saja. Merupakan jenis dinosaurus pemangsa yang mirip dengan si T-Rex. Namun kalau si Raptor ini ukurannya lebih kecil dari T-Rex.

Jenis ini biasanya hidup berkelompok dan tergolong sebagai dinosaurus yang cerdas. Mereka biasa memangsa dengan menggunakan strategi pengalih perhatian.

Jenis Dinosaurus Velociraptor (Sumber: Istockphoto)

Jenis Dinosaurus Compsognathus dan Spinosaurus

Compsognathus

Merupakan jenis dinosaurus dengan ukuran yang kecil. Bahkan ukurannya hanya mencapai 60 cm atau sebesar ayam saja, sehingga dinosaurus ini diperkirakan sebagai jenis dinosaurus terkecil di dunia. Mereka hidup secara berkelompok dan mirip dengan T-Rex dan Raptor.

Jenis dinosaurus Compsognathus (Sumber: Istockphoto)

Spinosaurus

Kalau ini, merupakan jenis dinosaurus terbesar di dunia sepanjang sejarah. Merupakan theropoda raksasa yang dapat tumbuh hingga 15 meter dengan tinggi sekitar 5 meter dan berat mencapai 7,6 ton.

Panjang tengkorak Spinosaurus ini mencapai 1,75 meter dengan seratus gigi-gigi runcing yang lurus sepanjang kira-kira 17 cm.

Jenis dinosaurus Spinosaurus (Sumber: Istockphoto)

Jenis Dinosaurus Ankylosaurus dan Megalosaurus

Ankylosaurus

Merupakan jenis dinosaurus dengan tubuh sepanjang 9 meter. Sedangkan beratnya mencapai 9 ton. Dinosaurus ini memiliki cangkang tubuh yang keras sebagai perisai pertahanan. Pada bagian ekornya, terdapat bola dari batu dengan berat sekitar 5 kilogram sebagai alat untuk menyerang hewan.

Jenis dinosaurus Ankylosaurus (Sumber: Istockphoto)

Megalosaurus

Jenis dinosaurus ini dianggap sebagai dinosaurus yang pertama kali ditemukan. Dinosaurus jenis ini merupakan yang terbesar pada zaman pertengahan jurasik. Ukurannya bisa tumbuh hingga 9 meter sedangkan tingginya bisa mencapai 3 hingga 4 meter dengan berat sekitar 3,5 ton.

Jenis dinosaurus Megalosaurus (Sumber: Istockphoto)

Jenis Dinosaurus Stegosaurus dan Shantungosaurus

Stegosaurus

Jenis dinosaurus ini merupakan yang paling mudah diidentifikasi, karena identik dengan memiliki baris sisik yang saling silang di punggungnya. Serta memiliki dua pasang duri panjang pada ekornya.

Jenis dinosaurus Stegosaurus (Sumber: Istockphoto)

Shantungosaurus

Jenis dinosaurus ini tidak memiliki tubuh yang begitu besar. Ya, dinosaurus ini merupakan salah satu dinosaurus non-sauropoda terbesar yang pernah berjalan di Bumi. Memiliki paruh bebek ini berukuran panjang 15 meter dan beratnya sekitar 15 ton.

Terlepas dari ukurannya, diyakini dinosaurus ini ternyata bisa berlari dengan dua kaki belakangnya ketika dikejar oleh burung rapuh dan tyrannosaurus di habitat timur Asia.

Jenis dinosaurus Shantungosaurus (Sumber: Istockphoto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda Liverpool Minta Mohamed Salah Tidak Egois

Posted: 18 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Performa bintang Liverpool, Mohamed Salah, belakangan ini tidak memuaskan Jamie Carragher. Sosok yang pernah memegang status palang pintu The Reds tersebut menganggap sang penyerang tampil egois dan juga maruk.

Mo Salah turut serta saat Liverpool bertemu dengan Fulham di laga lanjutan Premier League akhir pekan kemarin. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk The Reds, di mana dua golnya diciptakan oleh Sadio Mane dan James Milner.

Ya, Mo Salah kembali gagal mencetak gol pada pertandingan tersebut. Faktanya adalah Mo Salah baru mencetak satu gol dari 10 penampilan terakhirnya di semua kompetisi. Catatan itu jelas mengkhawatirkan, sebab The Reds bertumpu pada dirinya sejak musim kemarin.

Mo Salah tentu saja tak betah dengan catatan golnya belakangan ini. Maka dari itu, ia terus berupaya untuk membubuhkan namanya di papan skor. Tapi hal tersebut dipandang negatif oleh legenda The Reds, Jamie Carragher.

"Dia telah menjadi egois dan maruk, tak perlu diragukan lagi. Rekornya untuk Liverpool di Premier League luar biasa - mencetak dan membuat gol. Tak ada yang mampu terlibat dalam gol lebih banyak pada musim ini," tutur Carragher kepada Sky Sports.

"Dia selalu menjadi ancaman. Tapi pada dua tiga kali kesempatan ia harusnya mengangkat kepala dan melihat sekitarnya," lanjutnya.

Sinar Sadio Mane

Sadio Mane mencetak gol bagi Liverpool ke gawang Fulham pada lanjutan Liga Inggris di Craven Cottage, Minggu (17/3/2019). (AFP/Glyn Kirk)

Berbanding terbalik dengan Mo Salah, Sadio Mane kini tampak lebih cemerlang. Dari lima pertandingan yang telah dilewatinya di semua kompetisi, pria asal Senegal tersebut sudah mencetak tujuh gol dan dua kali dinobatkan sebagai Man of the Match.

Carragher memuji penampilan mantan penggawa Southampton tersebut. Ia bahkan menyebut kualitas yang dimiliki Sadio Mane tidak lagi setara dengan level Premier League, namun setara dengan level Eropa.

Eksploitasi Ruang

"Dia tidak lagi dalam wujud pemain Premier League, namun berwujud pemain Eropa. Saya selalu berkata sejak awal permainan: Ada ruang yang terlalu besar di sisi sayap dan Liverpool terus mengeksploitasi ruang tersebut," tambah Carragher.

"Ada ruang bagi Mane untuk menyerang bek sayap, ruang bagi [Andy] Robertson. Pergerakan serta operan yang bagus dari [Roberto] Firmino dan kombinasi antara tiga penyerang depan sangat luar biasa," tandasnya.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Tahun Jadi Aktor, Adipati Girang Film yang Dibintanginya Masuk Unggulan IBOMA 2019

Posted: 18 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adipati Dolken girang begitu mengetahui film yang dibintanginya, Teman Tapi Menikah, masuk unggulan IBOMA 2019. Ya, film yang dimainkan bersama Vanesha Prescilla ini memang ditonton lebih dari 1 juta penonton. 

Tak heran, Teman Tapi Menikah yang diproduksi Falcon Pictures masuk ke dalam 10 film unggulan IBOMA 2019, yang berbasis dari parameter box office atau angka penonton tertinggi sepanjang 2018.

Dengan begitu Adipati Dolken termasuk kandidat pemeran utama pria yang dinilai 7 tim juri IBOMA 2019 yang diketuai Reza Rahadian. IBOMA memang ajang kompetisi unik. SCTV mengambil 10 film yang ditonton terbanyak untuk dimajukan ke meja juri. Para juri akan memilah secara kualitatif untuk mendapat pemenang di 12 kategori.

"Saya senang bangetlah. Sudah 10 tahun main film, nah baru kali ini film bisa box office," ungkap Adipati Dolken di sela-sela press conference IBOMA 2019, di SCTV Tower, Jakarta, beberapa watu lalu.

Tidak Ada Beban

(Nurwahyunan/bintang.com)

Meski senang, tapi Adipati tak ngoyo harus membawa pulang piala IBOMA 2019. "Semua film di sini sudah pasti menang. Kan ditonton banyak orang. Kalau dapat piala ya bonus," papar peraih Piala Citra kategori Pemeran Pembantu Pria Terbaik di FFI 2013 lewat film Sang Kiai.

Kasino versi Baru

(Deki Prayoga/Fimela.com)

Saat ini Adipati Dolken sedang berkonsentrasi dengan peran di film terbarunya. Ini peran unik karena aktor yang sudah bermain di 29 judul film,  harus menjadi Kasino dalam film Warkop DKI Reborn versi terbaru.  Aktor kelahiran 19 Agustus 1991 ini beradu akting dengan Randy Nidji (Indro) dan Aliando Syarief (Dono).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geger Jasad Tahanan Kabur Membusuk di Curug Banyumas

Posted: 18 Mar 2019 09:19 PM PDT

Patroli, Banyumas - Polisi bersama Tim SAR mengevakuasi jasad yang mengambang di Curug Brenjang, Sungai Pelus, Desa Kemutug Lor, Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (19/3/2019), kondisi jasad dengan tangan kiri yang masih terborgol ini pertama kali ditemukan warga yang sedang memancing.

Sebelumnya, jasad berusia 32 tahun yang merupakan tahanan polisi, kabur saat diminta petugas untuk menunjukkan barang bukti pada hari Sabtu. Diduga dia kemudian terjatuh ke curug dan baru ditemukan dengan kondisi yang sudah membusuk.

Jenazah kemudian dibawa ke Rumah Sakit Umum Margono Soekaryo, Purwokerto, untuk diautopsi. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalkan Tenun Asli Indonesia, Sarinah Gelar Pekan Lurik Indonesia

Posted: 18 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Upaya melestarikan tenun lurik asli Indonesia, PT Sarinah (Persero) bekerja sama dengan Himpunan Wastraprema gelar Pekan Lurik Indonesia. Penyelenggaran pameran ini merupakan salah satu wujud kontribusi PT Sarinah untuk mendukung eksistensi UMKM kerajinan khas Indonesia.

Pekan Lurik Indonesia akan dibuka setiap hari dari tanggal 19 Maret hingga 31 Maret 2019, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

 Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari menyatakan acara ini merupakan bentuk dukungan Sarinah untuk melestarikan warisan Indonesia.

"Indonesia itu kurangnya satu, punya segalanya. Karena punya segalanya, jadi bingung apa yang harus dilestarikan. Lurik adalah salah satu bentuk warisannya, oleh karenanya kita jaga dan kenalkan ke masyarakat luas lewat pameran ini," pungkas Lies di Gedung Sarinah Departemen Store, Selasa (19/3/2019).

Lurik adalah salah satu wastra tertua sebelum batik dikenal yang berasal dari Jawa Tengah (Jogja dan Solo).

 

PT Sarinah (Persero) bekerja sama dengan Himpunan Wastraprema gelar Pekan Lurik Indonesia. Liputan6.com/Athika

Pameran utamanya akan memperlihatkan koleksi kain lurik berumur puluhan tahun dari Rumah Wastra Jo Eeda dan Museum Tekstil Jakarta.

Kemudian, akan ada pasar lurik, fashiow show lurik, workshop dan bincang-bincang wastra lurik dengan narasumber ahli wastra Indonesia.

Pameran ini juga mengundang Komunitas Museum, The Indonesan Heritage Society, Women International Club dan khalayak umum secara luas. Tidak ketinggalan akan ada bazar unik selama pekan lurik berlangsung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC

Posted: 18 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-23 akan memulai perjuangannya di kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Vietnam pada akhir pekan ini. Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan tergabung di Grup K bersama Vietnam, Brunei Darussalam, serta tuan rumah putaran final, Thailand.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Indra Sjafri memutuskan membawa 24 pemain untuk laga kualifikasi. "Nantinya saat match coordination meeting (MCM), kami serahkan 23 nama pemain yang akan berlaga di Kualifikasi PialA AFC U-23. Karena batas waktu pendaftaran pemain saat MCM pada 21 Maret nanti," kata Indra seperti dilansir situs resmi PSSI.

Dari 24 pemain, Indra membawa mayoritas pemain alumni Piala AFF U-22. Mereka di antaranya Marinus Manewar, Osvaldo Haay, dan Witan Sulaiman.

Selain itu, Indra juga membawa dua pemain yang bermain di Eropa, yaitu Ezra Walian dan Egy Maulana Vikri. Keduanya baru bergabung sebelum laga timnas Indonesia U-23 melawan Bali United pada akhir pekan lalu.

 

 

Lawan Thailand

Pemain Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian dan Egy Maulana, foto bersama seusai latihan di Lapangan ABC, Jakarta, Kamis (14/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Timnas Indonesia U-23 akan mengawali laga kualifikasi Piala AFC melawan Thailand. Lagatersebut akan dimainkan di My Dinh National Stadium, Hanoi, 22 Mareet 2019.

Dua hari kemudian, Timnas Indonesia U-23 berjumpa tuan rumah Vietnam di stadion yang sama. Terakhir, Egy Maulana dan kawan-kawan menghadapi lawan mudah, yakni Brunei Darussalam.

 

Jadwal Kualifikasi Piala AFC U-23

Jumat, 22 Maret 2019

17.00 WIB - Thailand U-23 vs Timnas Indonesia U-23

Minggu, 24 Maret 2019

20.00 WIB - Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam U-23

Selasa, 26 Maret 2019

17.00 WIB - Timnas Indonesia U-23 vs Brunei U-23

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Pagi dan Malam Hari, Apa Sih yang Dibutuhkan Agar Wajah Awet Muda

Posted: 18 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mau kulit wajah tetap cantik dan berseri? Tak lagi pusing atau tidak percaya diri karena adanya jerawat sampai bintik hitam menempel pada wajah. kalau dibiarkan, bakal terlihat pigmentasi pada kulit jika tidak dirawat dengan baik.

Untuk perawatan yang tepat kamu perlu mendapatkan produk yang mampu memberikan manfaat mengatasi bintik hitam dan penuaan dini. Solusinya, bagi kamu yang memasuki usia 30 tahun, kamu hanya perlu membilas wajah dengan air dingin untuk menyegarkan kulit. Cara ini akan membantu Anda terhindar dari pengelupasan kulit.

Tak hanya itu, dilasir Fimela.com, Anda juga perlu mengaplikasikan beberapa produk perawatan kulit pada pagi dan malam hari agar kulit terlihat bersinar dan terhindar dari pigmentasi.

Perawatan pagi hari

Saat pagi hari diperlukan produk serum antioksidan. Hal itu untuk mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Dengan kandungan vitamin C, serum itu akan meningkatkan kolagen pada kulit dan menjadikan kulit kenyal dan tampak awet muda.

Selain itu, diwaktu yang sama, kamu memerlukan pelembab tabir surya. Kamu bisa memilih tabir surya yang memberikan manfaat lembut dan melembapkan kulit. Para dokter juga merekomendasikan untuk menggunakan BB krim atau CC krim jika kamu berusia 40 tahun keatas.

 Hal itu bermanfaat untuk memberikan kelembapan, perlindungan sinar matahari, serta meratakan warna kulit.

Selain kedua hal itu, saat pagi hari kamu memerlukan krim mata. Memang tidak semua memerlukan hal tersebut, namun dengan menggunakan krim mata, bisa membantu meningkatkan produksi kolagen dan memudarkan lingkaran hitam akibat hiperpigmentasi.

Perawatan malam hari

Usai beraktivitas seharian dengan riasan wajah perlu kamu bersihkan. Pasalnya, jika tidak akan menimbulkan jerawat atau wajah menjadi kusam. Untuk itu, kamu perlu produk untuk menghilangkan semua riasan di wajah. Kamu bisa pilih pembersih yang ringan agar tidak menyakiti kulit secara langsung.

Saat malam hari pula, kamu butuh produk eksfoliasi. Hal itu akan membantu dan menghindarkan kulit pada kerusakan akibat sinar matahari. Untuk itu, penting untuk menggunakan produk peluruhan sel mati, retinoid yang menambah kolegen, atau produk asam glikolat.

Beli produk unggulan

Penting bagi kamu memilih produk yang mempunyai manfaat bagi kulit. Maka dari itu, kamu jangan sembarangan memilih produk yang 'abal-abal. Tak mau kan wajah dan kulit rusak karena produk tersebut.

Maka dari itu, kamu cukup beli produk di e-Commerce tepercaya, seperti Tokopedia. Dengan promo Tokopedia Maret Mantap, kamu bisa mendapatkan promo maret mantap dengan ragam diskon dan cashback. Wow.

Ayo, pilih produk perawatan wajah kamu sekarang juga.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Tangkap Tersangka Penembakan di Utrecth

Posted: 18 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepolisian Belanda telah menangkap pria yang melakukan penembakan di Utrecth.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Sandiaga Uno Bongkar Pantangan Makan Sang Suami, Apa Saja?

Posted: 18 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menjalani kegiatan yang padat sepanjang hari akan lebih baik jika diimbangi dengan gaya hidup sehat. Hal ini pula yang diterapkan oleh Sandiaga Uno. Tubuh bugarnya tidak lepas dari peran penting sang istri, Nur Asia yang mempersiapkan segala hal.

Sandiaga Uno memang dikenal rutin berolahraga di sela-sela kesibukannya. Melalui deretan unggahan di Instagram pribadi, ia tampak tak jarang mengabadikan momen saat berolahraga seperti lari, renang, hingga bermain basket.

Nur Asia Uno, istri Sandiaga Uno. (dok.Instagram @nurasiauno/https://www.instagram.com/p/BrOmZ0WhcoJ/Henry

Tak hanya olahraga, pola hidup sehat yang paling menonjol adalah ketika Sandi kerap terlihat membawa botol minum yang berisi infused water. Bukan tanpa alasan, Nur Asia memiliki tujuan sendiri membekali suaminya air putih dengan potongan buah lemon tersebut.

"Saya sengaja (beri infused water) biar dia minum air putih terus. Saya mengakalinya karena dia kegiatannya banyak supaya ada antioksidan sama madu, supaya lebih fit," jelas Nur Asia saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.

Ibu tiga anak ini juga menyampaikan trik lain, yakni mengonsumi beberapa kriteria makanan. Nur Asia dan Sandiaga Uno sama-sama kompak menjalani hidup sehat dengan menjaga pola makan.

"Saya bilang sama orang di rumah, saya sama bapak nggak boleh yang santan-santan, paling sebulan sekali itu juga nggak selalu. Nggak boleh goreng-goreng," tambahnya.

Menjaga Pola Makan

Nur Asia, istri Sandiaga Uno. (dok.  Instagram @nurasiauno/https://www.instagram.com/p/Boq5xStA1-z/Putu Elmira)

Meski ada beberapa pantangan, tetapi perempuan berusia 48 tahun ini mengungkapkan tipe makanan yang dikonsumsi. "Paling ditumis, dikukus atau dipanggang. Minyak nggak usah banyak, harus zaitun," lanjutnya.

Sementara itu, saat ditanya masakan apa yang kerap dihidangkan untuk Sandi, Nur Asia pun menyampaikan makanan-makanan rumah yang sederhana.

"Makanan rumah seperti tumis pare, tempe mendoan, sayur asem, ikan asin. Bang Sandi lebih ke ikan salmon karena dia nggak makan pedas-pedas atau kari," tutur Nur Asia.

Selain olahraga dan selektif dalam makanan, Sandiaga Uno juga menjaga pola tidurnya. "Karena sekarang kampanye biasanya tidur jam 12. Tapi kalau besok pergi pagi jam 11 sudah tidur. Bangunnya subuh jam 04.30-05.00, kalau lagi sahur bangun jam 04.15," ungkap Nur Asia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Geledah Rumah Romahurmuziy, KPK Sita Laptop

Posted: 18 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya menggeledah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) dan DPP PPP terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan Romahurmuziy. Rumah mantan Ketua Umum PPP itu pun turut jadi sasaran penggeledahan.  

"Hingga malam tim juga ditugaskan lakukan penggeledahan di rumah RMY di Condet," tutur Juru Bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Penggeledahan itu dilakukan penyidik KPK pada Senin 18 Maret malam. "Dari lokasi tersebut disita barang bukti berupa laptop," jelasnya.

Dalam kasus ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romi sebagai tersangka kasus dugaan suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). 

Romahurmuziy diduga menerima suap sebesar Rp 300 juta terkait seleksi jabatan di lingkungan Kemenag tahun 2018-2019.

Selain Romahurmuziy KPK juga menetapkan dua orang lainnya yakni, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel, Mudah dan Murah

Posted: 18 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu punya banyak alat tulis yang berceceran dan membuat kamar atau meja kerja tidak rapi dan kamu bingung mencari wadah yang bagus untuk menampung semua barang yang berserakan. Tenang, daripada kamu beli wadah baru lebih baik kamu buat saja. Salah satu bahan material yang mudah kamu jadikan bahan untuk membuatnya adalah flanel.

Kain flanel sendiri merupakan satu di antara banyak material yang bisa kamu gunakan untuk membuat kerajinan tangan yang dan banyak dipakai orang hingga saat ini. Dari tekstur bahannya yang lembut dan berbagai macam warnanya yang menarik, maka makin menjadikan kain flanel sebagai satu di antara bahan paling utama untuk membuat kerajinan tangan yang banyak dipakai orang-orang kreatif.

Selain tekstur barang yang baik, kain flanel juga mudah diperoleh di beberapa toko paling dekat dari tempat tinggal kamu serta harganya juga murah. Oleh sebab itu, banyak kelebihan yang bisa kamu manfaatkan dengan menggunakan flanel ini dalam membuat kreasi. Tidak terkecuali dalam membuat tempat pensil dari flanel.

Berikut Liputan6.com rangkum cara membuat tempat pensil dari kain flannel yang mudah dan gampang kamu praktikkan, Selasa (19/3/2019).

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel pita

Bahan bahan yang harus disiapkan:

1. Kain flanel ukuran sedang

2. Gunting

3. Lem tembak

Cara membuat:

1. Potong kain dengan potongan kecil, dan kain lain yang lebih lebar.

2. Gunting bagian pinggirnya hingga lebih rapi.

3. Buat kain lebar itu menjadi kain yang dilipat dua menyerupai tempat pensil dengan dua kantong.

4. Lem bagian pinggir dan rekatkan.

5. Lakukan hal yang sama pada kain yang lebih panjang.

6. Sekarang kamu punya dua kain, yang satu adalah kain lebar untuk tempat pensil, dan kain panjang sebagai pengikatnya.

7. Rekatkan dua kain itu tepat di bagian tengah.

8. Sekarang kamu sudah punya tempat pensil sederhana.

9. Masukkan peralatan tulis kamu dalam kantong kain.

10. Ikat bagian tempat pensil di bagian sisi belakangnya.

11. Sekarang jadilah tempat pensil cute bentuk pita.

 

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel saku

(sumber: brightsides)

Bahan bahan yang harus disiapkan:

1. Kain flanel

2. Jarum dan benang

3. Kancing

4. Gunting

5. Pita

Cara membuat:

1. Potong kain flanel yang ada dengan panjang yang sama seperti ukuran pensil dan pulpen. Karena kamu tidak akan meletakkan satu benda saja di dalam tempat pensil ini, jadi buat lebarnya sesuai dengan ukuran beberapa alat tulis yang akan anda simpan di dalamnya nanti.

2. Gunakan jarum dan benang untuk menjahit masing-masing sisi tempat pensil. Pastikan juga seluruh jahitan lurus dengan sempurna. Anak-anak yang ingin belajar menjahit, bisa menjahit dengan jarum benang atau mesin jahit.

3. Jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini nantinya yang akan jadi kunci untuk tempat pensil. Jadi, jahitlah sesuai sama tempat yang pas.

4. Potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk sedikit garis atau lubang. Nah, lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang tadi sudah terpasang untuk tutup tempat pensil agar nanti isinya tidak jatuh keluar.

5. Untuk menghias tempat pensil, buat bunga mawar dari kain flanel lalu jahitlah di bagian tepi tempat pensil.

6. Berikanlah aksesories, payet, atau hiasan lain untuk membuat cantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini. Inilah Cara membuat tempat pensil dari kain flannel saku yang mudah dan gampangkan.

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel gulung

Bahan bahan yang harus disiapkan:

1. Kain flanel

2. Pembolong kertas

3. Pita

4. Mesin jahit

5. Gunting

6. Benang dan jarum

7. Pin

Cara membuat:

1. Potong kain flanel jadi dua bentuk persegi panjang yang sama ukurannya. Pastikan agar tidak memotong dengan ukuran yang terlalu kecil karena kain itu nantinya akan digulung.

2. Tandai satu di antara kain flanel dengan pembolong kertas sekitaran ½ inch dari segi tepi kain. Lantas, berikanlah tanda dengan bolongan di bagian atas dan bawah garis, pada masing-masing jarak ¾ inch. Pastikan bolongan ini bisa berakhir di titik yang juga berjarak ½ inch dari tepi kain.

3. Ambillah kain flanel yang tidak dilubangi, tumpuk dengan kain flanel yang sudah dilubangi.

4. Lanjutkan dengan menjahit di masing-masing tepi ke-2 kain flanel agar sisi satu sama lain senantiasa menempel.

5. Jahit garis lurus di samping masing-masing lubang yang tadi sudah di buat. Garis ini akan jadi sekat yang memisahkan satu pensil dengan pensil yang lain.

6. Dengan menggunakan jarum dan benang, jahitlah pita di bagian luar kain flanel. Pita ini nantinya akan digunakan untuk mengikat tempat pensil ini.

7. Masukkan pensil dan bolpen ke dalam kain lubang yang tadi sudah di buat. Pensil harus dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang ada pada satu garis lurus.

8. Cara membuat tempat pensil dari kain flannel gulung ini bisa kamu praktikkan di rumah ya, kalau bisa dibantu oleh orangtua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi, Kawasaki Ninja 250SL Dijual Rp 37,9 Juta

Posted: 18 Mar 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) resmi mengumumkan harga Ninja 250SL sebesar Rp 37,9 juta. Perlu dicatat, ini masih harga promo.

Jadi ada kemungkinan naik, tapi juga bisa tetap, bergantung pada kondisi dan strategi marketing. Sebelumnya, awal Februari mereka memberi pancingan pada khalayak luas.

Para konsumen diminta menebak harga motor lewat komen di akun resmi Youtube pabrikan. Mereka diberi iming-iming hadiah jam tangan Vostok, headset Sennheiser, hingga jaket Taichi.

Langkah ini sebagai bagian strategi pemasaran. Bisa sekadar teaser, atau bahkan tes pasar untuk melihat animo masyarakat pada model baru ini.

Ninja 250SL model 2018 yang juga diberi potongan harga, ludes terjual. Sebagai penggantinya, kini motor dilapis grafis baru, yang didominasi kelir silver dan gebyuran cat hitam. Secara keseluruhan bentuk dan lekukan bodi sama dengan model sebelumnya.

Namun seolah-olah KMI membawa motor yang anyar dan beda. Sebab rangka dilapis cat hijau mengilap, yang membuat motor tampil agresif. Pada model lawas, hanya hitam saja.

Bagian jantung pacu, Ninja 250SL masih tetap membopong mesin 250 cc single silinder dalam rangka teralis. Pada tayangan itu, tertera spesifikasi mesin.

Ia bertenaga 28 PS pada 9.700 rpm dan torsi puncak sebesar 22,6 Nm pada 8.200 rpm. Tenaga disalurkan menggunakan transmisi manual enam percepatan. Betul, tak berubah dari model year 2018.

 

Selanjutnya

Urusan fitur juga tampak tak ada yang berubah. Suspensi depan pakai teleskopik atas, cakram depan 280 mm (tanpa sistem ABS), cakram belakang 220 mm , kapasitas tangki 11 liter dan bobot 151 kg.

Tak ketinggalan, model panel meter yang sudah full digital. Jadi membuat motor terlihat canggih, seperti tren kekinian. Sayangnya lampu depan tak berubah. Kawasaki tetap mengandalkan jenis bohlam halogen, ketimbang pakai LED.

Sementara hanya itu saja informasi dari Kawasaki Indonesia. Mereka merilis unit tanpa selebrasi, dengan kenaikan harga Rp 1 jutaan.

Menyegarkan kembali ingatan kita. Ninja 250SL 2018 sempat dipamerkan di Indonesia Motorcycle Show November lalu. Saat itu bukaan harga sangat menggiurkan, Rp 36,8 juta.

Waktu itu, KMI turut mengenalkan warna-warna baru Ninja 250SL. Grafis kelir baru Ninja 250SL meliputi merah dan hitam. Terdapat perbedaan grafis pada bagian cowling, memberikan kesan yang menawan.

Warna merah terbaru bernuansa marun, membuatnya menjadi terlihat lebih elegan. Dalam tayangan di media sosial, hanya satu warna yang ditampilkan. Semoga KMI segera memberi info detail motor berfairing ini.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet Sampaikan Bela Sungkawa pada Korban Banjir di Sentani, Papua

Posted: 18 Mar 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR Bambang Soesatyo menyampaikan bela sungkawa terhadap korban banjir bandang terjadi di Sentani, Jayapura. Bencana ini mengakibatkan 73 orang meninggal dunia, dan sekitar 150 rumah terendam diduga akibat ntensitas hujan yang tinggi dan rusaknya ekosistem di Pegunungan Cycloops.

"Menyampaikan belasungkawa terhadap keluarga korban yang ditinggalkan dan menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam atas sejumlah peristiwa bencana alam yang terjadi tersebut," katanya, melalui rilis yang diterima Selasa (19/3/2019).

Bamsoet juga mendorong Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP/Basarnas), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Keploisian (Tim SAR Gabungan) untuk terus melakukan pencarian dan evakuasi korban banjir bandang di Sentani, Jayapura, Papua, terhadap korban yang masih belum ditemukan. 

Selain itu, dia berharap Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar memberikan solusi transportasi bagi masyarakat dan petugas untuk akses menuju ke lokasi longsor dan bantuan alat berat kepada BNPB untuk membuka akses yang masih tertutup dan membantu evakuasi korban di Sentani, Jayapura, Papua, mengingat akses menuju lokasi banjir terputus akibat banjir bandang.

"Mendorong Kementerian PUPR bersama dengan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk melakukan pembangunan inprastruktur ang rusak dan memberikan bantuan perbaikan kembali rumah-rumah warga terdampak bencana yang mengalami kerusakan ataupun hanyut, serta mempersiapkan tempat pengungsian bagi warga terdampak banjir bandang, banjir, dan longsor," katanya.

Bamsoet juga berharap Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) bisa memberikan imbauan kepada masyarakat di Sentani, Jayapura, Papua untuk waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir bandang susulan, karena musim hujan masih akan terjadi, serta mengimbau masyarakat setempat untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Bamsoet juga meminta pihak Kepolisian bersama masyarakat untuk meningkatkan keamanan pada wilayah terdampak bencana guna menghindari adanya oknum-oknum yang memanfaatkan kondisi rumah yang kosong. Serta mendorong Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan BMKG untuk berkoordinasi terkait basis informasi yang digunakan oleh BMKG dalam menyebarkan informasi peringatan sistem pendeteksi dini (early warning system) kepada masyarakat yang berada di wilayah berpotensi bencana selain melalui media cetak, siber, dan siaran, juga dapat melalui SMS broadcast.

Pemerintah Pusat, BNPB melalui BPBD, dan Pemerintah Daerah (Pemda) juga diminta segera memulai sosialisasi simulasi jika terjadi banjir, longsor, maupun gempa, secara rutin, baik di sekolah, perguruan tinggi, perkantoran, rumah sakit, hotel, dan di gedung-gedung publik, sebagai bentuk mitigasi bencana, sehingga seluruh masyarakat lebih siap dan lebih paham dalam menghadapi bencana, serta lebih terampil dan cekatan dalam melindungi ataupun menyelamatkan dirinya saat terjadi bencana;

"Mendorong Pemerintah untuk segera melengkapi dan memperbaiki peralatan early warning system (EWS) untuk mencegah jatuhnya korban jiwa apabila terjadi kembali bencana alam seperti longsor, banjir, gempa bumi, maupun tsunami, mengingat waktu peringatan dini merupakan aspek yang paling penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban jiwa dan materi," ujarnya.

Selain itu, Badan Anggaran (Banggar) DPR RI agar memberikan dukungan anggaran kepada BMKG, dan BNPB, BPBD dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dalam penyusunan anggaran, guna memperkuat mitigasi bencana di Indonesia.

Bamsoet juga berharao Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dapatk melakukan perbaikan lahan melalui reboisasi terhadap hutan yang rusak dan daerah yang dilewati oleh sungai, untuk mengembalikan kondisi hutan dan lahan sehingga ke depannya mampu mencegah terjadi banjir dan tanah longsor. Serta mendorong BNPP, BNPB, dan BPBD untuk meningkatkan kewaspadaan selama musim hujan, yang dapat berpotensi menimbulkan bencana banjir bandang, longsor, dan banjir.

 

 

Bela sungkawa korban gempa di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB)

Bambang Soesatyo

Terkait musibah gempa bumi tektonik yang kembali terjadi di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), (17/3) dengan kekuatan 5,8 dan 5,2 SR yang menyebabkan terjadinya longsor di Air Terjun Tiu Kelep, mengakibatkan dua orang meninggal, 44 orang luka-luka, serta 32 unit rumah roboh dan 499 unit rumah mengalami rusak ringan hingga sedang, Ketua DPR Bambang Soesatyo juga menyampaikan belasungkawa dan rasa keprihatinan yang mendalam atas musibah yang terjadi, terutama bagi korban yang meninggal dunia dan korban luka-luka lainnya.

"Mendorong Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) bersinergi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk terus melakukan pencarian dan evakuasi korban yang belum ditemukan, juga memberikan bantuan kesehatan, pangan, pakaian, dan kebutuhan lainnya, serta memperhitungkan kerugian yang ditimbulkan akibat gempa," katanya.

DPR juga berharap agar Kemensos berkoordinasi dengan Pemda (Pemerintah Provinsi NTB) melalui taruna siaga bencana (tagana) untuk dapat memobilisasi pemberian bantuan kemanusiaan agar kebutuhan masyarakat Lombok yang terdampak gempa dapat disalurkan tepat sasaran dan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Selain itu, Kepolisian RI diminta untuk tetap siaga dalam menjaga ketertiban dan keamanan terhadap pihak-pihak yang memanfaatkan situasi di Lombok, agar dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat yang terdampak musibah.

DPR juga mendorong Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Ditjen Cipta Karya dan Balitbang PUPR untuk memastikan kebutuhan air bersih dan sanitasi para pengungsi, serta melakukan pendataan ulang terhadap ratusan rumah masyarakat yang mengalami kerusakan akibat gempa agar dapat dilakukan pembangunan kembali.

"Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar siap siaga dalam menyediakan obat-obatan dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul dan dialami oleh para pengungsi gempa, serta bersama Kemensos dan memulihkan kembali mental dan psikis korban terdampak melalui klinik trauma healing pasca bencana," katanya.

Selebihnya, DPR mendorong BMKG untuk terus menyampaikan informasi terkini yang berkaitan dengan situasi dan kondisi cuaca yang terjadi dan mengimbau masyarakat yang berada di daerah Lombok Timur dan sekitarnya untuk selalu waspada dan memperhatikan informasi dari BMKG dalam rangka menghadapi gempa susulan agar masyarakat tetap siaga terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi.

 

Pembalakan liar di Sumatra

Ketua DPR Bambang Soesatyo juga menanggapi kasus-kasus pembalakan liar yang terjadi selama bertahun-tahun, terutama di wilayah Sumatra, dan pada tahun 2019. Dia mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Direktorat Jenderal Penegakan Hukum (Ditjen Gakkum) bersama Kepolisian RI dan Polisi Kehutanan untuk segera mengungkap, mengusut, dan menindak tegas jaringan pembalak liar, termasuk pembeli kayu hasil pembalakan, tersebut sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

"Mendorong KLHK bersama Kepolisian RI dan Polisi Hutan untuk segera mengamankan kayu ilegal hasil pembalakan liar tersebut dan menutup akses yang digunakan maupun yang berpotensi digunakan oleh para pembalak liar untuk distribusi," katanya.

Melalui Polisi Hutan dan Jagawana, dia juga mengatakan untuk mengoptimalkan personil guna meningkatkan pengawasan dan melakukan patroli terhadap maraknya pembalak liar, agar seluruh aktivitas yang dilakukan di hutan dapat terpantau, sehingga kelestarian hutan dapat tetap terjaga. Serta mendorong lembaga peradilan untuk menerapkan sanksi sesuai dengan perundangan yang berlaku di Indonesia dan melaksanakan eksekusi terhadap kasus-kasus yang telah mendapatkan kekuatan hukum tetap (incraht). Dia juga meminta KLHK untuk melakukan reboisasi guna mengembalikan kondisi hutan yang terdampak pembalakan liar, serta mengedukasi masyarakat yang tinggal di sekitar hutan agar dapat bersama-sama menjaga kelestarian hutan.

 

97 titik panas kebakaran hutan dan lahan di Pulau Sumatra

Terkait dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mendeteksi sebanyak 97 titik panas mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan di lima provinsi di Pulau Sumatra, yakni Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Jambi dan Riau, Ketua DPR mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang meliputi Manggala Agni untuk mewaspadai kondisi titik api sebagaimana yang dilaporkan oleh BMKG agar tidak menjadi sebab kebakaran hutan serta mengantisipasi dan mempersiapkan peralatan guna menghadapi jika terjadi kebakaran hutan dan lahan.

- Mendorong BMKG untuk terus melakukan pemantauan serta melakukan pembaruan informasi terkait titik panas tersebut, guna memberikan peringatan dan meningkatkan kewaspadaan bahaya kebakaran kepada masyarakat;

- Mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Pengembangan teknologi (BPPT) untuk melakukan upaya antisipasi guna mencegah meluasnya titik panas yang menjadi pemicu Karhutla, antara lain dengan mempersiapkan hujan buatan pada wilayah yang dinilai rawan;

- Mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Kesehatan untuk melakukan langkah-langkah antisipasi terkait dampak kebakaran lahan pada kesehatan masyarakat, seperti potensi adanya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA)

- Mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian hutan serta tidak membuka lahan dengan cara membakar, sehingga tidak menimbulkan terjadinya karhutla

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Ungkap Peredaran Sabu Libatkan Emak-Emak di Dumai

Posted: 18 Mar 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Narkotika Nasional (BNN) mengungkap kasus peredaran narkoba dengan melibatkan emak-emak sebagai kurir. Dalam operasi itu, enam pelaku jaringan Malaysia-Dumai-Medan-Aceh-Jakarta diringkus.

Keenam pelaku masing-masing bernama Arman (pengendali), Harianto (kurir), Adi (kurir), Syamsiah (ibu rumah tangga/kurir), Hamidi (ABK), Kamarudin (ABK).

Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan, penangkapan tersebut dilakukan di Jalan Lintas Sumatera wilayah Dumai, Riau pada Minggu 17 Maret 2019. Narkoba jenis sabu itu dikirim dari Malaysia ke Aceh melalui jalur laut untuk selanjutnya didistribusikan ke beberapa daerah.

"(Modus) menyuruh kurir ibu rumah tangga dan menggunakan travel agar tidak dicurigai serta luput dari perhatian atau pemeriksaan petugas," ujar Arman dalam keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Berdasarkan pemeriksaan sementara, Arman bersama Syamsiah, Adi, dan Harianto berangkat dari Medan menuju Dumai pada Sabtu 16 Maret 2019 sore untuk mengambil paket narkoba di tangan Hamdi. Hamdi kemudian memberikan sabu dari Malaysia itu sebanyak 9 bungkus dengan berat total sekitar 9 kilogram.

Ditangkap di Perjalanan

Oleh Arman, paket sabu itu kemudian dibagi untuk didistribusikan. Syamsiah menerima tugas membawa lima bungkus sabu seberat sekitar 5 kilogram. Dia kemudian menuju ke sebuah travel dengan menumpang becak motor atau Bentor.

Sementara empat bungkus sabu lainnya disimpan di dalam mobil yang ditumpangi Arman cs. Mereka berhasil ditangkap saat dalam perjalanan. Saat ini, BNN masih melakukan pengembangan terkait pengungkapan kasus tersebut.

"Menurut keterangan para tersangka, narkotika itu akan dibawa ke Medan sebanyak 5 kilogram dan ke Jakarta 4 kilogram," tutur Arman.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Massa Desak Ratna Sarumpaet Ungkap Dalang di Balik Kasus Hoaks

Posted: 18 Mar 2019 09:02 PM PDT

Massa Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) mengenakan topeng bergambar  Ratna Sarumpaet  saat unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) mengenakan topeng bergambar Ratna Sarumpaet saat unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) menggelar unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Dalam aksinya, mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) menggelar unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Dalam aksinya, mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) membentangkan spanduk dalam unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) membentangkan spanduk dalam unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) mengenakan topeng bergambar  Ratna Sarumpaet  saat unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) mengenakan topeng bergambar Ratna Sarumpaet saat unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) menggelar unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Dalam aksinya, mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) menggelar unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Dalam aksinya, mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) mengenakan topeng bergambar  Ratna Sarumpaet  saat unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) mengenakan topeng bergambar Ratna Sarumpaet saat unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) menggelar unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Dalam aksinya, mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Massa yang mengatasnamakan Gerbang (Gerakan Anak Bangsa) menggelar unjuk rasa di depan PN Jakarta Selatan, Selasa (19/3). Dalam aksinya, mereka meminta Ratna Sarumpaet membongkar aktor intelektual dalam penyebaran hoaks. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: