Minggu, 03 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mourinho Senang Lihat Chelsea Mulai Bangkit

Posted: 03 Mar 2019 10:50 PM PST

Liputan6.com, London - Performa menanjak dari Chelsea membuat mantan manajernya, Jose Mourinho, larut dalam kegembiraan. Sebab dengan begitu, Maurizio Sarri selaku pelatih The Blues bisa meneruskan proyeknya di Stamford Bridge.

Nama Sarri belakangan ini sering diisukan akan dipecat menyusul serangkaian buruk beberapa waktu lalu. Salah satunya adalah saat mereka dipermalukan oleh klub raksasa Inggris lainnya, Manchester City, dengan skor telak 0-6.

Belum lagi masalahnya dengan sang kiper, Kepa Arrizabalaga, yang sempat terlihat dalam laga kontra Manchester City di final Carabao Cup.

Sarri terus dihujani kritikan hingga akhirnya Chelsea menang atas Tottenham beberapa hari setelah insiden dengan Kepa terjadi. Bahkan Kepa sendiri sudah kembali dimainkan dan juga tampil apik kala menghadapi Fulham baru-baru ini.

Dua torehan apik tersebut tak lepas dari perhatian Mourinho, yang saat ini sedang bekerja sebagai pandit pasca dilepas Manchester United pada bulan Desember lalu. Ia mengaku senang torehan apik Chelsea belakangan ini.

"Setelah apa yang terjadi pada final dengan Maurizio Sarri dan Kepa, semuanya dengan cepat meyakini bahwa sang pelatih akan dipecat," tutur Mourinho seperti yang dikutip dari Football.london.

"Saya sangat senang mereka mengalahkan Tottenham, sebab cara terbaik untuk menyiramkan air ke api ialah dengan memenangkan pertandingan. Jadi mereka menang dan telah mendapatkan stabilitas sekarang," lanjutnya.

 

Soal Hubungan Fans dengan Klub

Saat Chelsea sedang terpuruk, hubungan tim dengan fans juga turut memburuk. Beberapa kali terlihat dalam sebuah video bagaimana para penggemar The Blues menyuarakan kekesalannya terhadap 'Sarri-ball' dan aktor dibaliknya, yakni Jorginho.

Mourinho tampaknya maklum dengan hal itu. Dalam pandangannya, sepak bola modern saat ini seolah telah menjauhkan klub dengan para fansnya.

"Tendensi normalnya adalah membuat stabilitasnya berkurang dan lebih banyak perubahan.Ada degradasi yang cepat dalam hubungan yang sekarang," tandasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Arief Angkat Bicara Soal Tarif Tiket Pesawat yang Masih Mahal

Posted: 03 Mar 2019 10:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya angkat suara perihal dampak mahalnya tiket pesawat terhadap industri pariwisata Indonesia.

Peringatan yang diberikan kepada pihak maskapai untuk menurunkan harga tiket pesawarnya dinilai sudah cukup, meski pada kenyataannya tiket masih tetap mahal.

"Sudah cukup menurut saya peringatan. Bahkan Pak Presiden sendiri ketika rakernas beliau inginkan tiket harus diturunkan. Salah satunya dengan penurunan harga avtur dan sudah dilakukan oleh Pertamina. Namun ternyata harga tiketnya belum turun juga," kata dia dalam konferensi pers di Menara BCA, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dia menjelaskan, ketika harga naik permintaan otomatis akan menurun. Sehingga industri pariwisata dan perhotelan ikut terdampak dengan sepinya wisatawan yang bepergian.

"Kalau kamu naikkan price, demand turun, kalau tidak begitu orang seenaknya naikkan price. Sekarang kalau pricing naik 100 persen apa yang terjadi? itulah yang terjadi, industrinya goncang," tegas dia.

Dia menceritakan beberapa hari lalu membeli tiket pesawat ke Padang, Sumatera Barat dengan harga yang masih cukup tinggi. Padahal harganya sudah diturunkan 20 persen dari kenaikkan semula.

"Kemarin dari Padang naik 210 persen, ketika ada diskon 20 persen angkanya masih tinggi. Ketika kami hitung pakai kalkutaor angkanya masih 168 persen," ujarnya.

Dia menyatakan, menaikkan harga tiket pesawat merupakan hak maskapai. Namun kenaikan harus sesuai aturan agar masyarakat selaku pengguna jasa tidak kaget dengan tarif baru tersebut.

"Saya setuju usulan pak Menhub (Budi Karya Sumadi) kalau naik jangan mendadak dan besar. Mendadak boleh, tapi kecil (kenaikannya). Naik besar boleh, tapi bertahap. Atau memang ingin mengguncang industri ini karena naiknya lebih dari 100 persen? Karena teoritically demand-nya akan hilang 100 persen," ujarnya.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Semua Pihak Rugi

Menpar Arief Yahya di acara Rakornas Pariwisata ke-1 2019. foto: istimewa

Dengan mahalnya tiket pesawat, Menpar Arief menyebut semua pihak menderita kerugian. Dia pun berharap kenaikkan tarif pesawat dapat dilakukan secara bertahap agar masyarakat dapat menyesuaikan dengan harga baru.

"Kalau mau lihat kenyataannya, gak ada yang gak dirugikan. Airline rugi, Angkasa Pura penurunan pengunjung bandara, hotel rugi, petani rugi. Airline kalau harus naik tarif lakukan secara bertahap, kalau gak mendadak. Kalau mendadak jangan terlalu besar. Ada new normal yang bisa di-accept. Ini new normal yang tidak di-accept dengan guncangan sekarang ini," dia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Kusta, Penyebab dan Ciri yang Harus Diketahui Sebelum Sulit Diobati

Posted: 03 Mar 2019 10:42 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kusta atau lepra dikenal sebagai salah satu penyakit menular yang ditakuti masyarakat karena dampaknya yang fatal, yakni bisa menyebabkan kecacatan fisik. Bahkan, Indonesia sendiri menempati urutan ketiga setelah India dan Brasil untuk penyakit kusta.

Hal ini menunjukkan tingginya penderita yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae di negara ini. Kusta dianggap penyakit yang menyeramkan dan dapat menular secara mudah. Ditambah lagi dengan banyaknya stigma yang beredar di masyarakat bahwa kusta adalah penyakit 'kutukan'.

Faktanya, penularan kusta tidak semudah layaknya penularan flu. Sehingga semestinya orang yang menderita kusta tidak diasingkan dalam masyarakat. Pemahaman yang minim akhirnya membuat penderitanya merasa malu dan terkucil.

Selama ini, banyak penderita kusta yang berobat saat sudah stadium berat dan sulit diobati. Oleh sebab itu penting untuk kamu mengenal lebih dalam tentang penyakit kusta, penyebab dan ciri.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang penyakit kusta, penyebab dan ciri yang bisa menambah pengetahuanmu. Kamu pun bisa ikut mengedukasi orang di sekitarmu tentang penyakit kusta, penyebab dan ciri.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, penyakit kusta, penyebab dan ciri yang wajib diketahui, Senin (4/3/2019).

Fakta Penyakit Kusta

Penyakit kusta atau dikenal juga dengan lepra, merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini menyerang kulit, sistem saraf perifer, serta selaput lendir.

Tipe kusta dapat dibagi menjadi dua. Tipe kusta ini akan berpengaruh pada pemilihan obat yang akan diberikan pada pasien. Secara garis besar, tipe kusta yaitu:

Paucibacillary

Ada lesi kulit dengan kerokan kulit negatif.

Multibacillary

Ada lesi kulit dengan kerokan kulit positif.

Cara Penularan Penyakit Kusta

Sebanyak 95 persen masyarakat telah memiliki kekebalan terhadap kusta, sehingga walaupun kuman kusta berkeliaran tidak akan tertular dengan mudah. Kusta bisa ditularkan melalui kontak langsung dan saluran pernafasan.

Atau bisa juga tertular melalui droplets atau cairan dari hidung yang biasanya menyebar ke udara ketika penderita batuk atau bersin.

Ketika bakteri Mycobacterium leprae mencapai saluran pernapasan, ia akan berpindah ke jaringan saraf dan berkembang biak di sana. Bakteri akan berkembang biak dalam waktu 2-3 minggu, lalu membelah dalam waktu 14-21 hari dengan masa inkubasi antara 3-5 tahun. Oleh karena itu, bisa saja orang yang telah terinfeksi bakteri ini baru merasakan gejala setelah beberapa tahun setelahnya.

Walaupun menular melalui pernapasan, orang yang terkena kuman ini rata-rata akan sembuh sendiri karena memiliki kekebalan tadi. Hanya sedikit sekali yang menimbulkan gejala atau sakit hingga membutuhkan pengobatan. Lingkungan padat penduduk juga berisiko tinggi menularkan penyakit ini.

Penyebab Penyakit Kusta

Sejak dahulu kala, kusta dianggap sebagai penyakit kutukan sehingga penderitanya kerap dikucilkan di masyarakat. Masyarakat dahulu belum mengetahui penyakit kusta, penyebab dan ciri. Padahal penyakit ini murni disebabkan oleh bakteri dan tentunya bisa disembuhkan. Berikut adalah beberapa faktor risiko penyebab kusta:

· Melakukan kontak fisik dengan hewan penyebar bakteri kusta tanpa sarung tangan. Hewan tersebut di antaranya adalah armadillo dan simpanse.

· Bertempat tinggal di kawasan endemik kusta.

· Memiliki kelainan genetik yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Ciri-ciri Penyakit Kusta

Ciri khas yang membedakan penyakit kusta dengan penyakit kulit lainnya adalah ruam pada kulit disertai kurang rasa atau kebas. Terkadang penderita juga dapat mengalami mati rasa. Inilah yang dapat menyebabkan penderita kusta tidak merasakan nyeri saat luka.

Gejala lain kusta yang dapat ditemui adalah:

- Rambut rontok

- Kerusakan mata yang bisa berujung kebutaan

- Pembesaran saraf

- Kelemahan otot sampai kelumpuhan, terutama otot kaki dan tangan

- Kebotakan pada alis dan bulu mata

- Mata menjadi kering dan jarang mengedip, serta dapat menimbulkan kebutaan

- Hilangnya jari jemari

Cara Mencegah Penyakit Kusta

Cara yang ideal untuk mencegah penyebaran kusta adalah dengan diagnosis dini dan pengobatan yang baik pada penderita kusta. Menerapkan langkah-langkah berikut kepada setiap orang. Termasuk penderita kusta dan keluarga penderita, dapat membantu pencegahan kusta:

- Memberikan penyuluhan dan dukungan.

- Memantau kondisi dan gejala kusta.

- Mendidik penduduk setempat mengenai pencegahan cedera dan pembersihan luka

Nah, di atas adalah penjelasan tentang penyakit kusta, penyebab dan ciri yang perlu kamu ketahui. Jika kamu mengalami atau menemukan kerabat dengan keluhan menyerupai kusta, segeralah pergi dokter. Kebanyakan kasus kusta dapat didiagnosis dengan mudah hanya dengan melihat ruam kulit dan pemeriksaan fisik.

Penyebarluasan informasi tentang penyakit kusta, penyebab dan ciri di masyarakat juga sangat penting, agar penderita dapat menjalani hidup dengan baik tanpa stigma sekaligus mencegah penularan kusta kepada orang lain. Maka jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain, Semoga bermanfaat!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinopsis Mini Seri Dua Dunia Salma Episode Senin 4 Maret 2019: Salma dan Bima Makin Dekat

Posted: 03 Mar 2019 10:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mini seri Dua Dunia Salma Senin ini memasuki episode ke-6. Dalam kondisi terpuruk, Eno dan Pipit berusaha menghibur Salma walau kadang Eno lebih banyak tidak nyambungnya dengan masalah yang sedang dicurhati Salma. Sementara itu Ardan semakin menjadi. Sasa juga menyalahkan Salma yang selama ini tidak pernah mau jujur. Salma makin dilema dalam keterpurukannya. Satu masalah belum selesai, yang ada malah muncul masalah baru.

Diceritakan juga di episode Dua Dunia Salma saat ini, dengan berbagai cara, akhirnya Vira berhasil menyakinkan kedua orang tua Rio bahwa Vira adalah calon menantu yang baik. Dengan paksaan dari kedua orang tuanya, Rio kembali melanjutkan hubungan hampanya dengan Vira sambil menyiapkan hari pernikahannya. 

Sementara itu, Salma kembali menjadi seorang tukang binatu seutuhnya. Salma merasa Bima-lah orang yang paling bisa menerima kondisinya. Salma berusaha membuka hatinya pada Bima. Walau belum sampai jadian, tetapi Bima dan Salma tampak semakin dekat. Akan tetapi kedekatan Bima dan Salma membuat Sasa mulai cemburu dan sering marah nggak jelas pada Salma.

 

Rio hanya bisa mengiyakan kemauan kedua orang tuanya terkait Vira dan perusahaan. Rio tak bersemangat kerja. Leny sebagai sekretaris sering kali melihat kasian pada Rio. Leny memberanikan diri menyatakan cinta ke Rio, siapa tahu Rio galau terus diterima, eh tapi malah ditolak juga.

Dan, di Dua Dunia Salma selanjutnya...

 

 

Jadi Panas Lagi

Adegan sinetron Dua Dunia Salma (Dok SCTV)

Vira yang mengetahui Rio sering mencuci pakaian di tempat Salma jadi panas lagi. Dia berusaha memisahkan Salma dan Rio sepenuhnya. Vira berbaik hati, dia pura-pura menjadi sahabat sejatinya Salma.

Tetapi sebenarnya Vira hanya ingin meyakinkan Salma untuk segera menikah dengan Bima. Bahkan Vira memberikan banyak uang untuk Bima, sebagai modal nikah. Bima menolak, dia selama ini sudah banyak dosa karena membuat Salma kehilangan pekerjaannya.

Bima mencoba menjadi diri sendiri, dia berusaha meyakinkan Salma bahwa dirinya benar-benar mencintai Salma. Masalah muncul ketika Ardan ternyata tak pernah mau menerima Bima karena dianggap pemuda miskin. Ardan butuh menantu kaya yang bisa memberinya banyak uang.

Hal ini membuat Bima kembali sakit hati lagi. Bima menemui Vira dan meminta bantuan. Bima berniat meminjam banyak uang untuk modal usaha, Bima mau bikin laudry saingan. Vira hanya mengajukan satu syarat, Vira akan memberikan modal berapapun yang diminta Bima untuk buka usaha, asalkan Bima berhasil menikah dengan Salma. Bima tentu saja setuju.

Hubungan Salma dan Bima

Adegan sinetron Dua Dunia Salma (Dok SCTV)

Salma yang kembali menjadi gadis miskin, tukang cuci itu tak menyadari dirinya sedang dijebak oleh Vira dan Bima. Pelan tapi pasti, Bima berhasil meyakinkan Ardan kalau dirinya memiliki cukup uang. Ardan yang mendapatkan sejumlah uang dari Bima, lambat laun menyetujui hubungan Salma dan Bima.

Sementara itu, Rio sering membututi Salma yang mengantarkan pakaian ke pelanggannya. Rio bener-bener kasian pada Salma. Hidupnya begitu berat. Rio juga mengetahui kalau Salma adalah tulang punggung keluarga. Akan tetapi ketika Rio hendak mendekati Salma, saat itu Bima malah nembak Salma. Rio sedih, pergi dengan penyesalan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sampaikan Pidato Politik, Ini Ragam Tanggapan untuk AHY

Posted: 03 Mar 2019 10:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menunjuk anak sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memegang tongkat komando kampanye pemenangan Pemilu 2019 melalui jabatan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma).

"Susunan kepengurusan resmi DPP Demokrat tidak ada perubahan, semua tetap pada masing-masing tugasnya," jelas Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan, di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Kamis 28 Februari 2019.

Hinca menyatakan, SBY menuliskan surat untuk menjawab ketidakhadirannya dalam dua bulan terakhir sisa masa Pemilu 2019 karena harus mendampingi Ani Yudhoyono yang dirawat di Rumah Sakit Singapura karena kanker darah.

AHY kemudian menyampaikan pidato politiknya yang berjudul 'Rekomendasi Partai Demokrat untuk Presiden Indonesia Mendatang'. Pidato politik tersebut disampaikan AHY di Ballroom Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Jumat, 1 Maret 2019 malam.

Dalam pidato politik tersebut, AHY menyampaikan tiga hal pokok, tantangan Indonesia 2019-2024 dalam perspektif dunia internasional dan nasional, persoalan dan aspirasi rakyat, serta solusi, dan kebijakan yang ditawarkan Demokrat, serta ajakan Demokrat menyikapi perkembangan situasi sosial politik dewasa ini.

Pidato politik yang disampaikan AHY pun menuai pro dan kontra. Beragam pendapat muncul usai AHY menyampaikan pidato politiknya.

Berikut tanggapan-tanggapan usai AHY memberikan pidato politiknya dihimpun Liputan6.com:

 

1. Dianggap Terlalu Memaksakan

Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyapa pendukung pada pidato politiknya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (1/3) malam. Pidato mengusung Rekomendasi Partai Demokrat pada Presiden Mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Influencer Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin yang juga politisi Partai Golkar, Misbakhun menyampaikan, isi pidato AHY malah menunjukkan Demokrat tak punya solusi teknis atas berbagai persoalan yang dihadapi Indonesia.

"Di saat paslon capres dan cawapres sudah bicara biodiesel dan B20, bicara unicorn dan Palapa Ring sebagai infrastrukturnya, Partai Demokrat masih berkutat membicarakan masalah, bukan solusi," kata Misbakhun.

Lebih lanjut Misbakhun menyarankan AHY lebih sering bergaul dengan berbagai kalangan ketimbang tampil eksklusif di panggung.

Menurutnya, hal itu juga untuk menempa AHY agar bisa berjiwa besar alam menyikapi sebuah keputusan politik yang tak selalu menguntungkan putra sulung SBY itu ataupun PD.

"SBY terlalu memaksakan mendudukkan AHY sejajar dengan capres-cawapres yang ada saat ini. Mendudukkan AHY yang miskin pengalaman dan rekam jejak untuk merasa pantas menyampaikan rekomendasi kepada presiden yang akan datang, sama saja SBY meletakkan Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'aruf lebih rendah dari AHY," ujar Misbakhun.

 

2. Dianggap Jadi Sinyal Positif Dukung Paslon 01

Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato politiknya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (1/3) malam. AHY mengatakan, ketika Demokrat di pemerintahan, stabilitas politik terjaga baik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam pidato AHY, juga berisi rekomendasi untuk presiden mendatang, tanpa merujuk salah satu pasangan calon presiden yang tengah berkontestasi.

Menanggapi hal tersebut, calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menangkap sinyal positif. Sinyal itu berupa lampu hijau dukungan dari kader Partai Demokrat kepada kubu petahan.

Kendati partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengusung pasangan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Ma'ruf menyebut banyak kadernya yang mendukung capres petahana Joko Widodo atau Jokowi.

"Jadi mungkin AHY itu membuat pernyataan seperti supaya semuanya menjadi enak," kata Ma'ruf di kediamannya, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta, Sabtu (2/3/2019).

Ma'ruf berharap rekomendasi Demokrat memang untuk Jokowi. Mustasyar PBNU itu juga berterima kasih karena partai berlambang bintang mercy itu memposisikan diri di tengah.

Menurutnya, sikap itu akan menambah dukungan kader Demokrat kepada pasangan calon presiden nomor urut 01.

"Karena itu kita berterima kasih dia ada di tengah. Sehingga orang-orang yang kemudian mendukung kami jadi tidak merasa ada ancaman, jadi mereka aman, makin banyak orang Demokrat yang ikut ke 01," pungkas Ma'ruf.

 

3. AHY Dianggap Netral

Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyanyi bersama para pendukungnya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (1/3) malam. AHY mengatakan, ketika Demokrat di pemerintahan, stabilitas politik terjaga baik. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dalam pidatonya, AHY memberikan rekomendasi untuk presiden mendatang, tanpa merujuk salah satu pasangan calon presiden yang tengah berkontestasi.

Menurut dia, pidato anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono tersebut cenderung netral dan menjadi sinyal baik yang berdampak kepada kubu 01.

"Artinya kita anggap dia netral saja untuk memilih siapa saja yang terbaik buat warga bangsa," kata Ma'ruf di Serang, Banten, lewat siaran pers diterima, Minggu (3/3 2019).

Sinyal baik juga terlihat dari kecenderungan para kepala daerah dari Partai Demokrat atau pun calon legislatif yang telah menyatakan dukungan kepada pasangan petahana.

"Karena tidak berani menyebut, berarti ada kecenderungan untuk mendukung Pak Jokowi dan saya," kata Ma'ruf Amin.

 

4. Dianggap Lebih Baik dari Prabowo

Ketua Kogasma Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan pidato politiknya di Djakarta Theater, Jakarta, Jumat (1/3) malam. Pidato mengusung Rekomendasi Partai Demokrat pada Presiden Mendatang.(Liputan6.com/Angga Yuniar)

Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin memberikan tanggapan atas pidato Komandan Kogasma Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). TKN menilai, isi pidato AHY lebih baik dibanding apa yang disampaikan Capres 02, Prabowo Subianto.

"Pidato AHY tersebut lebih baik daripada pidato politik Prabowo saat itu," kata Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto di Bandar Lampung, Minggu, 3 Maret 2019.

Menurut dia, sebagai pimpinan partai, AHY memang punya tanggung jawab untuk menyampaikan hal yang strategis bagi bangsa.

TKN menilai, dari apa yang diucapkan, AHY menyampaikannya semua substansi dengan baik. Tak ada emosi, semua teratur dan runtut.

"Semua kami yakini untuk bangsa dan negara. Jadi jauh lebih baik daripada apa yang disampaikan Pak Prabowo sendiri," kata Hasto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Virus Zika, Penyebab dan Cara Mencegah Sebelum Terinfeksi

Posted: 03 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada 2016 lalu, informasi mengenai virus Zika yang 'mengamuk' di Amerika Tengah dan Selatan menjadi topik hangat akibat munculnya virus tersebut. Dikutip dari laman Kementerian Kesehatan RI, virus Zika ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes.

Nyamuk jenis Aedes Aegypti untuk daerah tropis, Aedes africanus di Afrika, dan juga Aedes albopictus pada beberapa daerah lain. Meskipun saat ini virus Zika sudah jarang terdengar, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui ciri-ciri virus Zika.

Para ilmuwan melaporkan bahwa dari 70 anak-anak dengan microcephaly Zika, bisa menimbulkan gangguan pendengaran yang disebabkan oleh kerusakan telinga bagian dalam atau kerusakan saraf yang menghubungkan telinga ke otak. Selain itu, pada beberapa kasus Zika dilaporkan terjadi komplikasi autoimun. Gejala penyakit ini menyebabkan kesakitan tingkat sedang yang berlangsung 2-7 hari.

Bagi siapapun yang tinggal atau mengunjungi area yang diketahui ada virus Zika, memiliki risiko terinfeksi. Namun tidak semua orang yang terinfeksi virus Zika menunjukkan gejala. Hanya satu di antara lima orang yang menunjukkan gejala.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri virus Zika, sebagai langkah antisipasi. Anda pun juga bisa mengedukasi kepada kerabat mengenai ciri-ciri virus Zika tersebut. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber ciri-ciri virus Zika, Senin (4/3/2019).

Fakta Virus Zika

Ciri-Ciri Virus Zika (iStockphoto)

Sebelum mengetahui ciri-ciri virus Zika, simak penjelasan berikut mengenai fakta-fakta virus tersebut.

Virus Zika pertama kali ditemukan pada seekor monyet resus yang berada di hutan Zika, Uganda, tahun 1947. Kemudian, kembali ditemukan pada nyamuk spesies Aedes Africanus di hutan yang sama pada tahun 1948 dan pada manusia di Nigeria pada tahun 1954.

Hingga 2007, virus Zika mulai menyebar di kawasan luar Afrika dan Asia. Pada 2015 mulai sampai ke negara Brasil. Di Indonesia sendiri, telah ditemukan virus Zika di Jambi pada tahun 2015.

Penyakit ini disebabkan oleh virus Zika yang ditularkan melalui nyamuk Aedes, terutama Aedes aegypti. Ini adalah nyamuk yang juga bisa menularkan demam berdarah dan chikungunya. Virus ini biasanya hadir di kawasan Afrika, Amerika, Asia, dan Pasifik.

Ciri-ciri Virus Zika

Ciri-Ciri Virus Zika

Sebanyak empat dari lima orang yang terinfeksi tidak mengalami ciri-ciri virus Zika maupun gejala. Jikalau ada gejala, biasanya mulai terasa pada dua hingga tujuh hari setelah digigit nyamuk.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (Center for Disease Control and Prevention), biasanya gejala yang tampak ringan seperti demam, ruam, nyeri sendi, mata merah, nyeri otot, dan kadang-kadang muntah. Gejala dapat berlangsung dua hari sampai satu minggu.

WHO sendiri mengatakan, saat seseorang terinfeksi tidak memerlukan pengobatan khusus. Paling penting, ia harus banyak beristirahat, minum cukup cairan, mengobati rasa sakit dan demam menggunakan obat-obatan umum. Jika gejala memburuk, harus segera mencari pertolongan tenaga medis.

Penyebab Penyakit Zika

Ciri-Ciri Virus Zika

Penyebab penyakit ini adalah virus Zika. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes, terutama spesies Aedes aegypti.

Nyamuk ini senang bertelur di air yang tergenang, seperti genangan air hujan di jalanan, di pot bunga, dan bak air di kamar mandi. Nyamuk ini umumnya menggigit manusia pada siang hari, baik di dalam maupun di luar ruangan. Penyebaran melalui kontak seksual dan transfusi darah juga pernah dilaporkan.

Cara Mengobati Penyakit Zika

Ciri-Ciri Virus Zika

Tidak ada terapi atau penanganan khusus yang dapat dilakukan untuk mengatasi infeksi virus Zika. Jika terinfeksi virus ini, penanganan yang dilakukan hampir sama dengan penanganan akibat infeksi virus lainnya yaitu dengan banyak istirahat, minum air putih yang cukup, dan minum obat-obatan untuk menangani demam dan nyeri sendi, seperti asetaminofen (Tylenol, dll) dan ibuprofen (Advil, Motrin IB, dll).

Pengobatan penyakit ini kerap kali sembuh dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan medis. Bahkan, pada kondisi tubuh yang baik penyakit ini dapat pulih dalam tempo 7-12 hari.

Cara Mencegah Penyakit Zika

Ciri-Ciri Virus Zika

Hingga kini, belum tersedia vaksin yang bisa mencegah penyakit virus Zika. Namun Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan ibu hamil untuk tidak bepergian ke daerah wabah Zika.

Jika Anda berencana untuk hamil, bicarakan kepada dokter mengenai rencana perjalananmu dan risiko terkena virus Zika. Selain itu, jika Anda memiliki pasangan yang tinggal atau pernah bepergian ke daerah wabah Zika, hindari berhubungan seksual selama kehamilan atau gunakan alat pengaman selama berhubungan seksual.

Jika Anda tinggal dan sedang bepergian ke daerah tropis di mana virus Zika banyak berkembang, hal yang paling penting adalah dengan mencegah gigitan nyamuk. Berikut ini kiat-kiatnya:

- Tinggal di tempat yang memiliki pendingin ruangan.

- Gunakan krim penangkal nyamuk.

- Gunakan bahan pembasmi serangga yang sudah terdaftar pada Environmental Protection Agency (EPA), karena aman bagi ibu hamil dan menyusui.

- Pakai baju lengan panjang dan celana panjang dengan warna muda atau cerah.

- Tidur dengan kelambu.

- Kuras tempat-tempat yang berpotensi menjadi genangan air.

- Oleskan permethrin pada pakaian, seprai, sarung dan bantal, dan barang-barang lainnya.

Nah, di atas adalah ciri-ciri virus Zika yang bisa Anda ketahui. Segera pergi ke dokter jika Anda mengalami hal-hal di atas. Semoga bermanfaat!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Syahrini, Reino Barack Ikut Blokir Medsos Nikita Mirzani

Posted: 03 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu menyatakan akun Instagramnya diblokir oleh Syahrini dan adiknya, Asyahrani, kini Nikita Mirzani kembali mengalami nasib serupa. Ia membeberkan bahwa pertemanannya di media sosial juga dihapus oleh Reino Barack.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh Nikita Mirzani melalui Instagram Stories pada Minggu (3/3/2019). Dalam unggahannya, janda dua anak itu mengaku bahwa Reino Barack ikut menghapus pertemanan media sosial miliknya.

"Kakak. Ade dan kini sang pria pun ikut2 tan blok nyaiii," ungkap Nikita Mirzani dalam keterangannya di Instagram Stories.

Nikita Mirzani pun turut mempertanyakan apa kesalahan dirinya hingga Reino Barack memblokir akun Instagramnya. "Apa salah nyaiii," lanjut Nikita Mirzani.

Ikut Manajemen?

Artis cantik dan seksi Nikita sepertinya tak henti-hentinya menjadi perbincangan para netizen. Belum selesai video ganti baju dijalanan, ia kembali menjadi perbincangan soal foto selfie. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Selain itu, Nikita Mirzani melalui akun Instagram @dramakuin, terlihat mempertanyakan unggahan Reino Barack itu. "Pertanyaannya sejak kapan, lakinya itu pake hastaq2 kan," ujarnya.

Selanjutnya, Nikita Mirzani menduga hal tersebut dilakukan oleh Reino Barack lantaran Reino kini sudah ikut masuk ke dalam tim manajemen Syahrini. "Jng2 udah masuk managemen si petir lagi," katanya.

Tidak hanya itu, Nikita Mirzani turut menduga bahwa hal tersebut dilakukan secara terpaksa oleh Reino Barack dan nantinya akan menimbulkan dampak negatif dalam pernikahannya dengan Syahrini.

"Kalo semua serba paksaan, lama-lama akan menimbulkan kebosanan. Dan akhirnya ya... syudahlah ya...," lanjut Nikita Mirzani.

Penyebar Foto dan Video Pernikahan

Syahrini dan Reino Barack (Instagram/ princessyahrini - https://www.instagram.com/p/BujDwRQFh8z/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=10wqw3y60eio6)

Sebelum media sosialnya diblokir oleh Reino Barack, Nikita Mirzani sempat menghebohkan publik terkait pernikahan Syahrini dan Reino Barack.

Nikita mengunggah beberapa foto dan video pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang ia duga sengaja disebar oleh adik Syahrini yang juga managernya, Aisyahrani.

"Itu yang nyebar-nyebarin palingan adiknya yang nyebarin. Itu kan steril. Dia kan tetep mau dilihatin gitu hari bahagianya dia, padahal kan enggak boleh," kata Nikita Mirzani, beberapa waktu lalu.

(Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Benarkah Saham Pemprov DKI di Produsen Bir Meningkat?

Posted: 03 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Beredar kabar peningkatan saham Pemprov DKI di PT Delta Djakarta. PT Delta Djakarta adalah produsen minuman beralkohol yang sebagain sahamnya dimiliki oleh Pemprov DKI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Android Bisa Aktifkan Bluetooth dan Wi-Fi di Google Search

Posted: 03 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diperkenalkan tahun lalu di Google I/O, fitur Android Slices yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga muncul di Google Search.

Kini, update tersebut bergulir untuk Google Pixel yang telah menerapkan Android Pie.

Mengutip Phone Arena, Senin (4/3/2019), pengguna Pixel yang sudah update ke Android Pie bisa mengaktifkan setting ini dengan cara mengetik setting ke bar Google Bar.

Misalnya, jika pengguna masuk ke Google Search dan mengetik 'Bluetooth', akan muncul opsi Bluetooth di riwayat pencarian dengan ikon (Bluetooth) beserta toggle untuk mengaktifkannya.

Pengguna pun bisa langsung memilih opsi 'ON' untuk mengaktifkan Bluetooth tanpa harus masuk ke menu Setting.

Selain Bluetooth, fitur ini juga tersedia untuk Wi-Fi, yakni saat pengguna mengetikkan 'Wi-Fi' di bilah Google Search.

Setting-an ikon Wi-Fi pun akan terlihat dengan live toggle yang memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan atau nonaktikan Wi-Fi di perangkat tanpa harus membuka menu Setting.

Tidak hanya setting, nama jaringan yang terkoneksi ke Wi-Fi perangkat pun akan muncul di sana.

Baru Tersedia untuk Android Pie

Ilustrasi WiFi. (Doc: Getty Images)

Sebelum pembaruan, ikon pengaturan akan muncul tanpa opsi toggle. Fitur ini bisa bekerja pada smartphone yang menjalankan OS Android 4.4 KitKat ke atas. Namun saat ini baru tersedia untuk Android Pie.

Slice memungkinkan pengguna Android untuk lebih cepat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan tanpa masuk ke opsi Setting.

Setting Bluetooth yang bisa diatur langsung dari Google Search (Foto: Phone Arena)

Selain Bluetooth dan Wi-Fi, pengguna juga bisa mengatur Brightness Level pada smartphone. Aplikasi pihak ketiga Lyft juga bisa dikontrol dengan cara yang sama di bilah Google Search.

Dalam hal ini, pengguna dapat melihat opsi langsung yang memungkinkan mereka untuk menjadwalkan perjalanan dengan cepat tanpa membuka aplikasi Lyft.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Harap Perjanjian Ekonomi RI-Australia Genjot Investasi dan Layanan

Posted: 03 Mar 2019 10:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan kesepakatan Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) menjadi tonggak baru bagi Indonesia dan Australia.

JK menyampaikan hal itu saat menghadiri acara penandatangan perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Indonesia dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dalam sambutannya, JK mengatakan, perjanjian IA-CEPA membuat tonggak baru bagi Indonesia dan Australia di bidang ekonomi bilateral.

Menurut dia, dengan perjanjian ini secara otomatis kedua belah negara juga saling diuntungkan satu sama lain, baik di sektor perdagangan maupun investasi.

"IA-CEPA adalah tujuan strategis, tumbuh bersama dalam ekonomi yang saling melengkapi. Kesepakatan melalui kepercayaan dan kepercayaan, antara bisnis. Kesepakatan untuk tidak hanya untuk pertumbuhan, tetapi juga baik pada layanan dan investasi," kata JK dalam sambutannya di Jakarta.

JK mengatakan, untuk di bidang investasi, Indonesia berkesempatan mendorong seluruh sektor-sektor menarik lainnya seperti misalnya kesehatan, pendidikan dan pelatihan.

"Indonesia diperlukan untuk melakukan tolok ukur layanan, dan perawatan kesehatan di IA CEPA di negara-negara untuk meningkatkan kapasitas dan komoditas," kata dia.

"Dalam pendidikan tinggi, dalam kemitraan dengan Australia ini, pertimbangan dalam agenda membangun sumber daya manusia, untuk membuat kita lebih kompetitif dan siap membuat industri revolusi," sambung JK.

Dalam kesempatan ini juga, JK turut mengapresiasi langkah Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang telah berhasil bernegosiasi perdagangan dengan Negara Kangguru tersebut.

Sebab, perjanjian ini sempat tertunda selama sembilan tahun pada akhir 2010 hingga diaktifkan kembali pada Maret 2016.

"Terima kasih hari ini, menandatangani besar-besaran, untuk meniru perjanjian ini setelah waktu yang lama. Sekarang semua perjanjian IA-CEPA dan win win solution berkualitas tinggi untuk kedua negara," tutur JK.

Seperti diketahui, sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menandatangani perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Setelah 9 Tahun, IA-Cepa Resmi Diteken

Indonesia-Australia CEPA Signing Ceremony and Business Forum (Foto: Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi teken perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) di Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, penandatangan perjanjian IA-CEPA ini mencerminkan tingkat keterlibatan yang lebih dalam hubungan ekonomi yang sudah terjalin lama antara Indonesia dan Australia.

Ini juga bertujuan untuk kemitraan ekonomi yang lebih komprehensif, berkualitas tinggi dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Australia yang mencakup perdagangan barang.

"Perjanjian ini akan menghilangkan 100 persen tarif Australia, sedangkan 94 persen tarif Indonesia akan dihapuskan secara bertahap," kata Enggartiasto dalam sambutannya. Seperti diketahui, negosiasi pertama kali diluncurkan pada akhir 2010 dan ditunda dari November 2013 hingga diaktifkan kembali pada Maret 2016.

Dengan menyelesaikan 12 putaran negosiasi, dan sejumlah pertemuan Kepala Negosiator selama proses negosiasi yang berlangsung hampir sembilan tahun, Indonesia dan Australia menyatakan pada 31 Agustus 2018 negosiasi telah secara substansial selesai. Akhirnya, perjanjian ditandatangani pada Senin 4 Maret 2019.

"Dalam dua setengah tahun terakhir kita sepakati perjalanan ini karena pada dasarnya perjanjian ini akan sangat bermanfaat bagi kedua negara. Banyak hal termasuk kita akan mendapatkan kelebihan dari aspek pendidikan dan berbagai hal yang lain. Jadi satu hal yang bersejarah bagi Indonesia dan Australia," ujar Enggartiasto.

Adapun total perdagangan bilateral antara Indonesia dan Australia tercatat USD 8,6 miliar pada 2018. Ekspor utama Indonesia ke Australia termasuk minyak bumi, furnitur, ban, panel layar, dan alas kaki.

Sedangkan impor utama Indonesia dari Australia termasuk gandum, minyak bumi, ternak hidup, batubara, dan gula mentah.  Sementara total investasi dari Australia ke Indonesia pada 2018 mencapai USD 597 juta. Angka-angka ini diperkirakan meningkat begitu perjanjian ini mulai berlaku.

"Karena volume perdagangan dan investasinya masih kecil dengan ini kita harapkan akan lebih besar," ungkapnya.

Dalam layanan dan investasi, Indonesia dan Australia akan mendapatkan akses yang lebih baik, terutama pada pergerakan profesional.

Perjanjian ini juga akan memberikan perlindungan investasi yang lebih kuat, dan mempromosikan iklim bisnis yang lebih stabil dan dapat diprediksi yang memungkinkan aliran investasi langsung asing lebih besar terutama di sektor-sektor seperti pertambangan, energi, besi dan baja, keuangan, pendidikan kejuruan dan pariwisata yang lebih tinggi, pariwisata, kesehatan, dan agribisnis.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pendaftaran UTBK 2019 Kembali Dibuka, 3.000 Peserta Terproses dalam Satu Menit

Posted: 03 Mar 2019 10:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran UTBK 2019 sudah kembali dibuka mulai pukul 08.00 WIB hari ini, Senin (4/3/2019). Ketua LTMPT, Ravik Karsidi menjelaskan, hasil pemantauan di Posko Pendaftaran menunjukkan proses pendaftaran UTBK mulai berjalan lancar sejak pukul 09.00 WIB.

"Hal ini bisa terlihat dari kapasitas entry dalam satu menit bisa melayani 3.000 orang peserta yang terproses," tutur Ravik melalui sebuah pernyataan tertulis.

Ravik menambahkan, sehubungan dengan itu, pendaftar perlu memperhatikan beberapa hal. Yaitu:

1. Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran dan sudah membayar serta mencetak kartu tanda peserta sebelum hari Senin, 4 Maret 2019, proses sudah selesai.

2. Bagi peserta yang sudah melakukan login sampai mendapatkan kartu tanda peserta, tapi belum melakukan pembayaran, diharuskan melakukan login kembali ke laman pendaftaran untuk mendapatkan slip pembayaran yang baru dan segera melakukan pembayaran di Bank sebelum pukul 22.00 WIB hari Senin, 4 Maret 2019.

Hal ini agar lokasi ujian, tanggal, dan sesi yang dipilih masih tetap berlaku.

3. Bagi pendaftar yang baru login mulai hari ini, berlaku ketentuan seperti yang sudah diumumkan pada web LTMPT.

4. Masyarakat diminta mohon bersabar karena proses pendaftaran UTBK Gelombang I ini masih dilayani sampai dengan Minggu, 24 Maret 2019. Diharapkan pendaftar tidak perlu memaksakan diri memilih salah satu lokasi ujian saja, karena masih ada kesempatan di lokasi ujian di kota yang sama atau kota yang lain.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Bintang MU Bisa Didapat Gratis Pada Bursa Transfer Musim Panas

Posted: 03 Mar 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Manchester - Manchester United (MU) telah memberikan kontrak baru kepada para pemainnya, seperti Phil Jones, Chris Smalling, hingga Anthony Martial. Kendati demikian, pekerjaan manajemen Setan Merah masih belum beres, masih ada banyak pemain MU yang kontraknya bakal habis pada Juni 2019.

Seperti David Ge Gea misalnya. Kontrak kiper MU asal Spanyol itu akan berakhir pada 30 Juni 2019, tapi sikap manajemen soal De Gea sudah jelas, memperpanjang kontraknya.

Sejauh ini, MU sudah sangat intensif melakukan negosiasi perpanjangan kontrak dengan De Gea, yang bergabung di Old Trafford sejak 1 Juli 2011.

Manajemen MU tentunya tidak mau kehilangan kiper berusia 28 tahun tersebut. Sebab, De Gea merupakan pemain penting Setan Merah.

Buktinya, dari 350 pertandingan bersama Setan Merah di semua kompetisi, De Gea berhasil mencatatkan 128 clean sheet, 100 di antaranya di ajang Liga Inggris.

Namun berbeda dengan De Gea, ada empat pemain MU lain yang bisa didapat secara gratis pada bursa transfer musim panas mendatang. Siapa saja?

 

 

Antonio Valencia

Pemain Manchester United Antonio Valencia. (AFP/Lindsey Parnaby)

Kapten MU, Antonio Valencia memiliki kontrak tersisa di Old Trafford hingga 1 Juni 2019. Meski berstatus sebagai kapten Setan Merah, manajer Ole Gunnar Solskjaer pesimistis soal masa depan Valencia.

Sebabnya, pria berusia 33 tahun itu masih mengalami cedera ligamen yang diprediksi bakal sembuh 100 persen pada 17 Maret 2019. Selain itu, MU juga sudah meperpanjang kontrak Ashley Young, yang kini berada di pos bek kanan.

Valencia sendiri sudah satu dekade memperkuat Setan Merah. Bek kanan asal Ekuador itu bisa mendapat kontrak baru asal bisa kembali 100 persen ke performa terbaiknya. Namun bila tidak, MU bakal melepasnya dengan gratis. 

Juan Mata

Juan Mata. (AFP/Jose Jordan)

Gelandang mungil asal Spanyol, Juan Mata juga belum mendapat kontrak baru dari manajemen Setan Merah. Padahal, masa baktinya bakal berakhir pada akhir musim ini.

Manajemen masih ingin melihat perkembangan Juan Mata yang saat ini masih cedera hamstring dan belum diketahui berapa lama bakal absen. Dia mengalami cedera tersebut saat melawan Liverpool, 24 Februari lalu.

Bila tak diperpanjang MU, gelandang berusia 30 tahun tersebut bakal pulang kampung. Raksasa Spanyol, Barcelona siap menampungnya.

 

Matteo Darmian

Matteo Darmian. (AFP/Victor Decolongon)

Bek kanan MU, Matteo Darmian juga bisa meninggalkan Old Trafford secara gratis pada bursa transfer musim panas mendatang. Hingga kini, Darmian belum mendapat sinyal bakal mendapat kontrak baru dari Setan Merah.

Setan Merah sendiri punya banyak stok bek kanan, Diogo Dalot dan Ashley Young. Kondisi ini membuat Darmian bisa saja meninggalkan Setan Merah.

Klub Italia, Juventus sudah lama mengincar bek asal Italia tersebut. Bukan tidak mungkin saat kontrak Darmian habis pada 30 Juni 2019, Juventus bisa mendapatkannya secara gratis.

 

Andreas Pereira

Gelandang Manchester United (MU)  Andreas Pereira merayakan golnya ke gawang Southamtpon dalam lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, Sabtu (2/3/2019). (Martin Rickett/PA via AP)

Andreas Pereira mencetak gol indah saat MU menang 3-2 atas Southampton di Old Trafford dalam lanjutan Liga Inggris, akhir pekan lalu. Namun, masa depan Pereira di Old Trafford masih tanda tanya, sebab kontraknya habis pada 30 Juni 2019.

Gelandang berusia 23 tahun itu bukan pilihan utama dalam skuat Setan Merah. Pereira baru mendapatkan kesempatan bermain setelah dua gelandang MU, Ander Herrera dan Nemanja Matic mengalami cedera.

Bila tak disodorkan kontrak baru oleh Setan Merah, Pereira tak bakal pusing. Pria asal Spanyol itu sudah diincar dua klub London, Arsenal dan Chelsea pada bursa transfer musim panas nanti.

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Manusia Kloning, Park Bo Gum Beradu Akting dengan Gong Yoo

Posted: 03 Mar 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Gong Yoo kini mulai tancap gas di dunia akting. Setelah bergabung dalam proyek film Kim Ji Young, Born in '82, ia telah resmi masuk dalam jajaran pemain film bertajuk Seo Bok.

Yang menarik, dalam film ini Gong Yoo akan beradu akting dengan aktor populer Korea lain, Park Bo Gum.

Dilansir dari Soompi, Senin (4/3/2019), film yang akan mulai syuting pada April mendatang ini berkisah tentang manusia kloning.

Park Bo Gum bermain sebagai Seo Bok, manusia kloning pertama di muka bumi. Sementara Gong Yoo akan memainkan karakter Ki Heon, mantan agen yang terjerumus dalam insiden berbahaya yang melibatkan Seo Bok.

Kembali ke Jagat Film

Park Bo Gum (Foto: Allkpop.com)

Film Seo Bok menandakan kembalinya dua aktor tenar ini ke dunia perfilman.

Park Bo Gum terakhir kali bermain dalam film layar lebar Coin Locker Girl pada 2015. Sementara Gong Yoo berakting di tiga film yang rilis pada 2016, termasuk Train to Busan.

Sutradara Architecture 101

Gong Yoo . (Foto: soompi.com)

Nama besar dalam proyek ini bukan hanya Gong Yoo dan Park Bo Gum saja. Sutradara Lee Yong Joo yang sebelumnya mengarahkan film sukses Architecture 101 juga akan terlibat dalam proyek ini.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Sebut Berhasil Kuasai Kembali Lahan yang Direbut KKB Papua

Posted: 03 Mar 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Asops Kapolri Irjen Rudy Sufahriadi menyatakan, Operasi Nemangkawi di Papua terus mengejar Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB. Menurut mantan Kepala Korps Brimob ini, sudah cukup banyak hasil yang dicapai, seperti merebut kembali lahan yang sebelumnya dikuasai KKB.

"Hasil dicapai cukup banyak, wilayah yang selama ini dikuasi KKB sudah kita kuasai kembali," beber Rudy di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Meski demikian, Rudy mengakui masih memiliki kendala karena belum mampu melumpuhkan KKB seluruhnya.

Karenanya, masih terus dilakukan pengejaran lewat Operasi Nemangkawi yang dibesut langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada 2018.

"Memang kami belum menangkap banyak KKB tapi sedang dilakukan pengejaran-pengejaran, itu lewat Operasi Nemangkawi di Papua," beber Rudy.

Selain lewat Operasi Nemangkawi, Polri terus menstabilkan kondisi di Papua dengan hadirnya Program Binmas Noken, lewat jalur fisik dan non fisik, seperti pembangunan infrastuktur dan program pemberdayaan masyarakat lokal yang mengedukasi dalam hal bercocok tanam dan beternak.

"Jadi Binmas Noken juga hal yang kami lakukan di lingkungan masyarakat Papua (Selain Ops Nemangkawi)," Rudy menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih Dekat dengan Gunung Tampomas, Lokasi Tragedi Kematian 3 Pendaki

Posted: 03 Mar 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Gunung Tampomas di Narimbang, Congeang, Sumedang, Jawa Barat, ramai dibicarakan. Hal itu terkait tiga remaja yang meninggal dunia di dalam tenda diduga akibat hipotermia.

Gunung Tampomas memiliki ketinggian mencapai 1.684 mdpl (meter di atas permukaan laut). Gunung ini berada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Tampomas.

Panorama alam Gunung Tampomas sangat indah, terlebih jika berada di puncaknya. Warga sekitar menyebutnya dengan kata Sangiang Taraje.

Dari puncak Gunung Tampomas, para pendaki dapat menyaksikan keindahan kota Sumedang. Lubang-lubang kawah yang didominasi bebatuan juga terlihat dari ketinggian.

Beberapa jalur pendakian bisa ditempuh bagi para untuk mencapai puncak Gunung Tampomas. Bisa lewat jalur Narimbang dan Cibereum.

Jika lewat Narimbang, pendaki memulai perjalanan dari Jalan Raya Conggeang, yaitu melalui Curug Ciputrawangi. Hutan pinus dan semak belukar akan menjadi pemandangan yang dengan mudah ditemui saat melewati jalur ini.

Sementara itu, jika melewati jalur Cibeureum, pendaki bisa memulai pendakian dari Jalan Sedar. Pendaki akan melewati daerah penambangan pasir.

Selain keindahan Gunung Tampomas, para pengunjung juga dapat berkunjung ke beberapa destinasi wisata di kaki gunung tersebut. Mulai dari curug hingga mata air, seperti Curug Ciputrawangi, pemandian air panas Sekarwangi, pemandian air panas Cileungsing, mata air Cikandung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perumahan Berbasis Komunitas Jadi Jalan Atasi Backlog

Posted: 03 Mar 2019 10:11 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menggodok konsep penyediaan perumahan berbasis komunitas. Program perumahan berbasis komunitas telah digulirkan pada akhir tahun lalu.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan, Kementerian PUPR menyediakan dua pola dalam pengadaan perumahan berbasis komunitas, yakni lewat pola ABCG (Academica, Business, Community, Government) Dan BCG (Business, Community, Government).

"Pertama ABCG. Ini mulai dilaksanakan di Kendal, di Desa Curug Sewu. Kerja sama antara Undip, Pemerintah Kendal dan Pusat, kemudian PT BTN Tbk (Persero) , pengembang, sama komunitas dari Curug Sewu itu," jelas dia di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Sementara untuk pola BCG, is melanjutkan, sudah dilaksanakan pada Januari 2019 lalu di kawasan Garut bersama Persatuan Persaudaraan Pemangkas Rambut Garut. Khalawi pun menyatakan, konsep ini terus berjalan dan pelaksanaannya terus dipantau oleh pemerintah.

"Artinya konsepnya jalan, itu jangka panjang. Karena ke depan ini mesti dilakukan untuk mengatasi backlog perumahan secara masif lewat penyelenggaraan pembangunan perumahan, baik yang oleh pemerintah, swasta dan masyarakat," tuturnya.

Secara syarat, dia menyampaikan, komunitas yang mau berpartisipasi bisa menaungi kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Semisal kelompok pemulung yang secara penghasilan terbilang mampu mencicil dalam kisaran Rp 700-800 ribu per bulan untuk tenor waktu 20 tahun.

"Untuk sementara masih sama dengan konsep KPR FLPP untuk MBR. Jadi enggak ada batasan, sing penting mereka komunitas, MBR, dan punya rumah belum dapat subsidi. Mengikuti syarat2 MBR saja, subsidi KPR FLPP yang ada saja," terang dia.

Bagi komunitas yang ingin mengikuti program ini, ia meneruskan, bisa langsung mengajukan kepada pemerintah ataupun asosiasi pengembang seperti Real Estate Indonesia (REI) maupun Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (APERSI).

"Bisa langsung ke pemerintah, bisa Pemda, pusat, atau langsung ke perbankan atau asosiasi pengembang. Bisa dengan REI, APERSI, an sebagainya. Itu mereka akan mendorong pola kerjasama ABCG ataupun BCG," pungkas dia.

Jokowi Bangun Perumahan Khusus Tukang Cukur di Garut

Contoh unit perumahan tukang cukur di Garut yang akan diresmikan Jokowi (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Sebelumnya, untuk memberikan dukungan kesejahteraan bagi masyarakat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal meresmikan kawasan perumahan khusus tukang cukur asal Garut, Jawa Barat esok hari. "Besok akan langsung diresmikan pak Presiden Jokowi," ujar Irawan, Kamis (17/1/2019).

Menurutnya, komitmen pemerintah untuk meningkatkan taraf kesejahteraan para tukang cukurasal Garut memang cukup tepat. Saat ini anggota Persatuan Pangkas Rambut Garut (PPRG) sekitar 3500 orang yang tersebar di Garut dan kota besar tanah air lainnya.

"Sejak lama para anggota kami merindukan bantuan perumahan ini," kata dia.

Rencanya ada 1.000 unit yang akan dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, terdiri dari dua tipe rumah yakni, tipe subsidi berukuran 36/70, serta tipe komersil.

"Untuk yang pertama diperuntukan bagi tuang cukur atau keluarganya, sedangkan yang kedua bisa untuk masyarakat umum," kata dia. 

Bagi tukang cukur yang berminat memiliki perum itu, cukup mengeluarkan Down Payment (DP) alias uang muka sebesar Rp 1,3 juta dengan cicilan sebesar Rp 1 juta per bulan.

"Kalau yang tipe komersil saya belum mendapatkan informasi berapa cicilannya," ujarnya.

Pantauan Liputan6.com di lokasi pembangunan yang berada di Kampung Sampora, Kecamatan Banyuresmi, bangunan perumahan tukang cukur cukup kokoh. Satu ruangan utama, dua kamar tidur plus satu dapur dengan kamar mandi di dalamnya siap memanjakan calon penghuni di sana.

"Kami berupaya total cicilan hingga 15 tahun," ujar dia.

Seperti diketahui, Kampung Cukur yang berada di beberapa desa Kecamatan Bayuresmi Garut, sudah lama dikenal sebagai gudang tukang cukur handal tanah air. Mayoritas warga di kecamatan Banyuresmi, terbiasa mempelajari ilmu cukur rambut sejak usia anak-anak. Dengan kemampuan alami, teknik cukur yang mereka pelajari semuanya dipelajari secara otodidak.

Tak ayal dalam perkembangan selanjutnya, banyak tukang cukur yang mengais rezeki di ibu kota negara Jakarta, termasuk kota besar tanah air lainnya. Sehingga, banyak masyarakat dari luar Garut, sengaja menimba ilmu di kecamatan Banyuresmi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menanam Cabe Rawit Di Polybag, Praktis Tak Perlu Banyak Ruang

Posted: 03 Mar 2019 10:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Cabe atau cabai merupakan salah satu bahan makanan yang cukup diminati di Indonesia. Cabe digunakan sebagai pelengkap makanan seperti gorengan, sayur, atau dijadikan sambal. Hal ini tak bisa lepas dari fakta bahwa orang Indonesia adalah pencinta makanan bercita rasa pedas.

Salah satu jenis cabe yang sering ditemui adalah cabe rawit. Meski berukuran kecil, cabe ini memiliki rasa yang cukup pedas. Cabe ini biasa digunakan sebagai bahan sambal atau dimakan langsung bersama gorengan hangat.

Mengenal Cabe Rawit

Cabe rawit adalah salah satu dari jenis buah dan tumbuhan anggota genus Capsicum. Selain di Indonesia, ia juga tumbuh dan populer sebagai bumbu masakan di negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Cabe rawit berwarna hijau dan akan berubah merah saat matang. Meski berukuran kecil, cabe rawit dianggap cukup pedas karena memiliki tingkat kepedasan hingga 50.000 - 100.000 pada skala Scoville.

Skala Scoville sendiri adalah ukuran mengenai pedasnya cabe. Buah genus Capsicum atau cabe mengandung capsaicin, suatu bahan kimia yang merangsang ujung saraf penerima pedas di lidah, dan satuan pedas Scoville (SHU) menunjukkan jumlah capsaicin yang ada.

Nah, harga cabe sendiri sering mengalami fluktuasi atau naik turun. Ketika terjadi kelangkaan cabe, maka tentu saja harganya pun menjadi melesat jauh. Ketika mengalami kenaikan harga, cabe bak makanan mewah yang sulit didapat.

Jika Anda merupakan salah satu penggemar cabe rawit, Anda pasti akan galau berat jika harga cabe sedang naik-naiknya. Sebenarnya Anda bisa menyiasati hal ini dengan menanam cabe sendiri di rumah.

Tak perlu takut jika rumah Anda tak memiliki halaman yang luas untuk berkebun. Anda dapat memanfaatkan polybag untuk menanam cabe dirumah. Cara menanam cabe rawit di polybag cukup mudah dan praktis lho. Cara menanam cabe rawit di polybag, Anda cukup menyiapkan benih, dan media tanam berupa polybag serta tanah..

Berikut cara menanam cabe rawit di polybag yang berhasil Liputan6 rangkum dari berbagai sumber Senin (4/3/2019)

Memilih Benih Cabe Rawit

(Sumber: iStockphoto)

Langkah pertama dalam cara menanam cabe rawit di polybag adalah memilih benih cabe rawit berkualitas. Cukup mudah memilih benih cabe rawit.

Anda cukup membutuhkan cabe rawit yang masih segar. Kupas cabe lalu ambil bijinya. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Cara lain untuk mendapatkan benih cabe adalah dengan membeli bibit cabe di toko.

Namun jika Anda hendak menanam cabe dalam skala kecil seperti dalam polybag, lebih baik membuat bibitnya sendiri. Bibit cabe yang dijual di toko biasanya dalam sekala besar dan tentu saja mahal.

Rendam bibit cabe ke dalam air. Buang benih yang terapung. Hanya benih yang tenggelam di dalam air yang akan dapat disemai. Bungkus benih dalam kertas atau kain lembab selama 24-36 jam sebelum disemai.

Penyemaian

(Sumber: iStockphoto)

Cara menanam cabe rawit di polybag yang kedua adalah melakukan penyemaian. Penyemaian benih bisa dilakukan di polybag sedalam 1-15 cm dengan ukuran idealnya 8 x 10 cm. Media semai umumnya berupa campuran tanah halus dan pupuk kandang yang sudah terdekomposisi dengan baik dengan perbandingan 1:1.

Setelah media tanam penyemaian selesai, buat lubang dengan kayu dan letakkan benih di dalam lubang. Taburkan tanah halus di permukaan polybag untuk menutupi benih. Baru kemudian polybag ditutup dengan karung goni basah atau mulsa plastik hitam perak selama 3 hari.

Benih akan berkecambah 7 hari setelah disemaikan. Lakukan pemeliharaan hingga kecambah berumur 5-6 minggu atau telah berdaun 6-8 helai. Pemeliharaan dilakukan dengan penyiraman 1-2 kali per hari, gunakan gembor untuk menyiram agar tanah tidak memadat.

Bibit dalam persemaian tersebut baru bisa dipindah jika sudah berumur 5-6 minggu atau berdaun 6-8 daun. Biarkan bibit semai terpapar matahari 5 hari sebelum ditanam agar bisa beradaptasi dengan sinar matahari langsung.

Penanaman Cabe

(Sumber: iStockphoto)

Cara menanam cabe rawit di polybag selanjutnya adalah pindahkan benih cabe yang telah disemai pada polybag yang telah disiapkan. Gunakanlah polybag dengan diameter minimal 30 cm. Jangan lupa untuk menggemburkan dan memberikan pupuk. Berhati-hatilah saat melepaskan benih dari polybag semai agar akar tidak rusak.

Gunakanlah perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah untuk tempat menanam.

 

Perawatan Cabe dalam Polybag

(Sumber: iStockphoto)

Jangan lupa untuk menyirami cabe setiap hari. Dan juga seringlah melihat apakah ada tanaman lain yang tumbuh yang akan mengganggu pertumbuhan cabe. Jika ada cabut secara rutin agar cabe bisa tumbuh dengan baik.

Selama masa penanaman, rajinlah memberi pupuk. Gunakan pupuk kompos sehingga cabe menjadi lebih organik. Anda tak perlu menyiapkan banyak ruang untuk bertanam cabai dengan polybag. Cukup letakkan polybag di teras rumah dengan sinar matahari yang cukup

Ketika cabe rawit telah tumbuh dengan sempurna dan berbuah, Anda dapat memanen cabe rawit Anda sendiri di rumah. Tak perlu khawatir lagi harga cabe meroket di pasaran.

 

Manfaat Cabe Rawit untuk Kesehatan

(Sumber: iStockphoto)

Setelah mengetahui cara menanam cabe rawit di polybag tak asa salahnya jika mengetahui manfaat dari cabe rawit untuk kesehatan. Berikut manfaatnya:

- Menyembuhkan infeksi

Manfaat yang pertama, cabe rawit ternyata bisa digunakan untuk mengobati infeksi pada tubuh, dan mencegah terjadinya infeksi jamur dengan kadar tertentu.

- Mengurangi nyeri

Sakit yang disebabkan oleh gigi berlubang, gusi bengkak, atau sakit kepala bisa disembuhkan dengan memakan cabe rawit. Cabe rawit juga mampu mengurangi nyeri bagi orang yang menderita gejala sinusitis.

- Melancarkan metabolisme tubuh

Cabe rawit juga diyakini membantu melancarkan metabolisme tubuh. Cabe bisa dimasukkan ke dalam makanan untuk mendapatkan rasa yang diinginkan. Dengan kadar tertentu bahkan cabe rawit dapat membantu membakar lemak tubuh.

- Membantu pertumbuhan rambut

Kebotakan disebut-sebut karena adanya penurunan sirkulasi darah atau darah tak lancar. Cabe rawit dapat dimanfaatkan sebagai obat oles yang bertujuan meningkatkan sirkulasi darah, dan dengan demikian dapat membantu pertumbuhan rambut.

- Mencegah tekanan darah tinggi

Cabe rawit dapat membantu melancarkan peredaran darah dengan cara mengurangi pembentukan dan penggumpalan darah. Oleh karena itu, cabe rawit adalah obat yang alami yang dapat membantu mengurangi dan mencegah tekanan darah tinggi.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peretas Korea Utara Serang Lebih dari 100 Target AS dan Sekutu Usai KTT Vietnam

Posted: 03 Mar 2019 10:04 PM PST

Liputan6.com, Santa Clara - Sebuah laporan penelitian terbaru mengatakan bahwa peretas Korea Utara, yang telah menargetkan pelaku bisnis di Amerika Serikat (AS) dan Eropa selama lebih dari dua tahun, diketahui terus melakukan serangan serupa pada pekan lalu, bahkan ketika Donald Trump bertemu dengan Kim Jong-un di Hanoi.

Serangan-serangan itu, yang termasuk upaya untuk meretas bank, perusahaan utilitas dan perusahaan minyak dan gas, dimulai pada 2017, menurut para peneliti di perusahaan keamanan siber McAfee, saat ketegangan antara Korea Utara dan AS membara.

Tetapi meskipun kedua belah pihak telah mengurangi ancaman mereka yang berapi-api dan memulai perundingan perlucutan senjata nuklir, serangan tetap ada, demikian sebagaimana dikutip dari The Straits Times pada Senin (4/3/2019).

Pengungkapan aktivitas peretasan terbaru Korea Utara menambah detail baru pada ketegangan seputar KTT pekan lalu, yang berakhir tiba-tiba tanpa kesepakatan. Setelah pertemuan pertama mereka, 15 bulan sebelumnya, Pyongyang telah setuju untuk menghentikan uji coba penembakan misilnya.

"Selama 15 bulan, Korea Utara belum menguji senjata karena negosiasi ini, tetapi selama 15 bulan yang sama, mereka tidak menghentikan aktivitas siber mereka," kata Victor Cha, ketua Korea di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) di Washington.

Dengan bantuan agen penegakan hukum asing yang tidak disebutkan namanya, para peneliti McAfee mendapatkan akses ke salah satu server komputer utama yang digunakan oleh peretas Korea Utara untuk melakukan serangan.

Peneliti McAfee mengatakan mereka menyaksikan, secara langsung (real time), ketika Korea Utara menyerang jaringan komputer lebih dari 100 perusahaan di AS dan di seluruh dunia.

Bulan lalu, mereka memperluas targetnya ke perusahaan-perusahaan di Turki, yang beroperasi dari blok alamat Internet yang dilacak ke Namibia, salah satu dari sedikit negara yang memelihara hubungan persahabatan dengan Korea Utara.

"Mereka sangat, sangat, sangat aktif," kata Raj Samani, kepala ilmuwan McAfee. "Kami telah melihat mereka memukul lebih dari 100 korban."

Motif pasti serangan itu belum diketahui pasti.

Para peretas, menurut McAfee, sangat berpengalaman dan fokus, dalam banyak kasus, menyasar para insinyur dan eksekutif yang memiliki akses luar ke jaringan komputer dan kekayaan intelektual perusahaan mereka.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Kemampuan Meretas Meningkat

Ilustrasi (AFP)

McAfee, yang berbasis di Santa Clara, California, tidak akan menyebutkan target serangan, dan mengatakan akan memperingatkan korban dan otoritas pemerintah pada hari Senin.

Sebagian besar berada di AS, dengan sinyal penyerangan paling sering terlihat di Houston sebagai pusat minyak dan gas, dan New York yang merupakan pusat keuangan.

Target utama lainnya termasuk London, Madrid, Tokyo, Tel Aviv, Roma, Bangkok, Taipei,Seoul, Korea Selatan, dan Hong Kong.

Rusia dan Cina, dua negara yang mempertahankan hubungan baik dengan Korea Utara, relatif tidak tersentuh.

Korea Utara, seperti AS dan banyak negara lain, telah lama dituduh menggunakan peretas untuk memajukan kepentingan nasionalnya.

Pada 2014, tampaknya sebagai pembalasan atas film yang mengejek Kim Jong-un, peretas Korea Utara menyerang Sony Pictures Entertainment.

Mereka menghancurkan server komputer Sony, melumpuhkan operasi studio dan akhirnya membocorkan e-mail yang memalukan dari para eksekutif, yang kemudian menjadi buku pedoman serangan Rusia dan kebocoran e-mail sebelum pemilu 2016.

Peningkatan Signifikan dalam Kemampuan Meretas

Sejak serangan terhadao Sony, peneliti McAfee mengatakan, peretas Korea Utara telah secara signifikan meningkatkan kemampuan mereka.

"Mereka jauh lebih baik dalam menyembunyikan jejak dan meneliti target mereka," kata peneliti McAfee.

Para peretas Korea Utara menjelajahi situs bisnis milik Microsoft, LinkedIn, misalnya, untuk menemukan profil perekrut pekerja industri.

Mereka mengirim e-mail yang tampaknya berasal dari akun rekrutmen itu, sering dalam bahasa Inggris yang sempurna, mempromosikan peluang kerja.

Ketika target mengklik lampiran atau tautan dalam email, para peretas mendapatkan akses ke komputer target.

"Kampanye ini jelas sangat dipersiapkan dengan baik," kata Christiaan Beek, insinyur senior McAfee, yang juga merupakan seorang ilmuwan terkemuka.

"Itu diteliti dengan sangat baik dan sangat tepat sasaran. Mereka tahu orang-orang yang mereka tuju, dan mereka membuat email sedemikian rupa sehingga target mereka mengkliknya," lanjut Beek menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Sebut Keroncong dan Dangdut Lebih Bagus Ketimbang K-Pop

Posted: 03 Mar 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai musik-musik asal Indonesia tak kalah bagus dengan musik luar negeri. Bahkan, kata dia, musik keroncong dan dangdut lebih bagus dibandingkan dengan musik Korea pop (K-pop).

Hal tersebut disampaikan Jokowi di sela-sela pengarahan kepada siswa SMA Taruna Nusantara di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2019). Salah satu siswa bernama Ribka asal Jayapura bertanya ke Jokowi tentang budaya asing yang mempengaruhi Indonesia.

"Kita boleh liat K-pop, tapi kita punya yang lebih bagus, keroncong, dangdut, di Ambon bagus-bagus. Enggak perlu kita senang dengan budaya asing, ya kalau mau nonton silahkan, mau lihat silakan buat pembanding, komparasi," ujar Jokowi.

Menurut dia, saat ini sudah banyak sekolah yang menanamkan pendidikan karakter, budi pekerti, sopan santun, dan tata krama kepada para siswanya.

Untuk itu, Jokowi mengatakan, pelajar SMA Taruna Nusantara tak perlu khawatir dengan budaya-budaya asing yang masuk ke Indonesia.

"Pendidikan seperti ini memang ditumbuhkan dari usia dini, agar karakter itu enggak hilang dari Indonesia," ucapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu yakin masyarakat Indonesia tak akan mudah terpengaruh dengan budaya-budaya asing yang masuk.

Hal ini lantaran Indonesia memiliki ideologi Pancasila yang dapat menjadi penghalang budaya asing bermuatan negatif atau bertentangan dengan budaya Tanah Air.

"Saya yakin kita memiliki kekuatan yang baik dari inkranisasi budaya asing. Karena kekuatan ideologi kita sangat memengaruhi, sehingga sulit ditembus budaya luar," kata Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspresi Tikus Gemuk yang Terjepit Bikin Warganet Gemas

Posted: 03 Mar 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seekor tikus gemuk yang terjebak di lubang got mencuri perhatian warganet. Ini dikarenakan ekspresinya yang tampak begitu lucu sekaligus menimbulkan iba.

Satu pasukan pemadam kebakaran sengaja diturunkan untuk menyelamatkan hewan pengerat itu. Sebuah vide yang diambil di tempat kejadian bahkan menggambarkan secara rinci bagaimana tim penyelamat yang berjumlah sembilan orang itu mengangkat penutup lubang dan menyelamatkan tikus montok itu.

"Pada pukul 2.35 siang, pasukan pemadam kebakaran Auerbach disiagakan untuk penugasan bantuan teknis," kata juru bicara pemadam kebakaran di sebuah unggahan di Facebook. "Kami menemukan tikus itu terjebak di salah satu lubang penutup lubang got."

Sayangnya, setelah itu tikus tersebut dilepaskan kembali ke selokan. Ini bertentangan dengan agenda pemerintah setempat untuk membasmi hama tikus dan memicu komentar warganet.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Boleh Diselamatkan, Boleh Tidak

Doc: Facebook

Meski demikian, penyelamat hewan Michael Sehr dilaporkan mengatakan pada media lokal bahwa jika Anda menemukan tikus yang terjepit di lingkungan Anda, tak ada yang salah dengan menyelamatkan tikus itu.

"Sudah seharusnya meski hewan tersebut adalah hewan yang dibenci sekalipun, kita harus menolongnya," ujarnya seperti dilansir dari Iflscience.com.

Di sisi lain, para ahli kesehatan juga mengingatkan warga untuk waspada terhadap tikus yang dapat menyebarkan penyakit. Seperti nyamuk, tikus adalah hewan yang membawa lebih banyak penyakit pada manusia ketimbang hewan lainnya di bumi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kelakukan Kids Jaman Now Makin Aneh, di Kelas Mainan Motor

Posted: 03 Mar 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kelakuan anak-anak jaman sekarang tentu berbeda dengan dahulu. Kemajuan teknologi turut berpengaruh dengan kehidupan anak-anak sekarang.

Tak jarang kalau mereka lebih sering disebut sebagai kids jaman now. Hal-hal unik dan pelanggaran yang sering dilakukan mereka sering kali terekam dan beredar di media sosial.

Salah satu yang menyita perhatian ialah ulah siswa yang melakukan atraksi motor di depan teman-teman sekelasnya.

Tak hanya itu, atraksi yang dilakukan bukanlah di lapangan sekolah, melainkan di dalam kelas. Seperti dilansir @racinglovestory, Senin (4/3/2019), terlihat seorang murid sekolah membawa motor ke dalam kelas.

Mendapat sambutan dari teman-temannya, terlihat beberapa orang mencoba naik di posisi penumpang untuk mengangkat ban depan motor layaknya freestyler profesional.

Tak mampu mengedalikan motor, anak tersebut jatuh ke lantai bersama dengan motor yang dikendarai. Tak memberi simpati, sejumlah murid di kelas justru menertawakan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Penyakit Mengancam Nyawa yang Timbul Akibat Obesitas

Posted: 03 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kejadian meninggalnya Sunarti, penderita obesitas asal Karawang, Jawa Barat seharusnya menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, kelebihan berat badan saat ini bukan lagi kondisi tubuh yang bisa disepelekan.

Mengutip sehatnegeriku.kemkes.go.id, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menunjukkan adanya tren peningkatan proporsi obesitas pada orang dewasa. Riskesdas 2007 menunjukkan ada 10,5 persen, naik ke 14,8 persen di 2013, dan meningkat lagi menjadi 21,8 persen di 2018.

Belajar dari beberapa kejadian obesitas di Indonesia akhir-akhir ini, penting bagi masyarakat untuk mengetahui berbagai penyakit yang mengintai akibat kelebihan berat badan. Dikutip dari laman Stanford Health Care pada Senin (4/3/2019), berbagai penyakit ini mengintai jika seseorang mengalami berat badan berlebih.

1. Tekanan darah tinggi

Jaringan lemak tambahan dalam tubuh membutuhkan oksigen dan nutrisi agar tetap hidup. Ini membuat pembuluh darah mengalirkan lebih banyak darah ke jaringan lemak dan meningkatkan beban kerja jantung.

Lebih banyak darah yang bersirkulasi berarti lebih banyak tekanan pada dinding arteri. Tekanan yang lebih tinggi meningkatkan tekanan darah. Selain itu, tambahan berat badan bisa meningkatkan detak jantung dan mengurangi kemampuan tubuh untuk mengangkut darah lewat pembuluh.

2. Diabetes

Obesitas menjadi penyebab utama diabetes tipe 2. Jenis ini sering terjadi pada orang dewasa, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak. Obesitas juga menyebabkan resistensi terhadap insulin dan menyebabkan meningkatnya gula darah.

 

Jantung dan persendian

Ilustrasi Badan Gemuk atau Obesitas (iStockphoto)

3. Penyakit jantung

Orang yang gemuk berisiko 10 kali lebih banyak terkena pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis. Penyakit arteri koroner juga bisa terjadi karena timbunan lemak menumpuk di arteri yang memasok jantung.

Penyempitan arteri dan berkurangnya aliran darah ke jantung bisa menyebabkan nyeri dada atau angina serta serangan jantung. Di sisi lain, gumpalan darah yang terbentuk di arteri yang menyempit dan menimbulkan stroke.

4. Masalah persendian

Obesitas juga berpengaruh pada kinerja lutut dan pinggul karena tekanan yang dibebankan pada persendian akibat berat tambahan. Operasi penggantian sendi yang banyak dilakukan bukan solusi tepat bagi mereka yang terkena obesitas karena berisiko tinggi, bahkan bisa menyebabkan kerusakan lanjutan.

 

Pernapasan dan kanker

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang mengevakuasi penderita obesitas akut, Narti Sunarti, ke RSUD Karawang. (Liputan6.com/ Abramena)

5. Masalah tidur dan pernapasan

Sleep apnea menyebabkan orang berhenti bernapas untuk sesaat. Hal ini mengganggu tidur malam dan menyebabkan rasa kantuk di siang hari. Kondisi tersebut juga menyebabkan dengkuran yang berat. Sementara itu, masalah pernapasan terkait obesitas terjadi ketika berat dinding dada bertambah dan menekan paru-paru sehingga napas menjadi terbatas.

6. Kanker

Tidak banyak diketahui, obesitas ternyata juga meningkatkan risiko kanker. Pada wanita misalnya, kelebihan berat badan bisa menyebabkan kanker payudara, kantung empedu, dan rahim. Untuk pria, risiko terkena kanker usus besar dan prostat juga lebih tinggi.

 

Sindrom metabolik dan masalah mental

Seorang wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas berolahraga di klinik penurun berat badan di Changchun, Jilin, China, Selasa (17/7). (STR/AFP)

7. Sindrom metabolik

Sindrom metabolik merupakan faktor risiko kompleks untuk penyakit kardiovaskular. Mereka adalah: obesitas perut, peningkatan kolesterol darah, peningkatan tekanan darah, resistensi insulin dengan atau tanpa intoleransi glukosa, peningkatan komponen darah tertentu yang mengindikasikan peradangan, serta peningkatan faktor pembekuan darah tertentu.

8. Efek psikososial

Dalam beberapa budaya, orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas sering terkait dengan kemalasan. Namun, bukan hanya itu faktor yang terkait dengan obesitas. Masalah mental bisa muncul pada orang obesitas akibat adanya bias, diskriminasi, bahkan stres.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi, Simak Syarat-Syaratnya

Posted: 03 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Punya rencana untuk berlibur keluar negeri? Hal pertama yang enggak boleh kamu lupakan adalah membawa paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara.

Jika kamu sudah punya rencana untuk pergi ke luar negeri tahun ini, kamu bisa segera buat paspor dari jauh-jauh hari. Sekarang, proses dan cara membuat paspor bisa dibilang sudah cukup mudah.

Ada dua jenis paspor berdasarkan jumlah halamannya, ada yang berisi 24 halaman dan ada juga yang 48 halaman. Namun keduanya mempunyai masa berlaku yang sama, yaitu maksimal 5 tahun.

Minimnya informasi tentang paspor membuat sebagian besar masyarakat masih bingung cara membuat atau bahkan memperpanjang paspor bila masa berlaku paspornya sudah habis.

Berikut cara membuat paspor yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019).

Cara Membuat Paspor Secara Manual

Sebelum membuat paspor baru, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi terlebih dahulu. Ketentuan tersebut meliputi beberapa dokumen asli dan fotokopi yang harus dibawa ke kantor imigrasi setempat. Berikut ini beberapa persyaratan yang harus kamu bawa:

- E-KTP asli dan fotokopi

- Akta kelahiran, surat nikah, ijazah terakhir, atau surat baptis asli dan fotokopi (cukup pilih salah satu dokumen yang di dalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua).

- Kartu keluarga asli dan fotokopi

- Materai 6000

 

Langkah Cara Membuat Paspor Baru Secara Manual

1. Cara membuat paspor, datanglah ke kantor imigrasi setempat yang ada di wilayah kabupaten atau kota tempatmu tinggal. Usahakan datang pagi hari sebelum pukul 12.00, sebab jumlah pemohon hanya dibatasi 200 orang setiap harinya.

2. Jangan lupa untuk bawa seluruh dokumen yang sudah dipersiapkan.

3. Setelah sampai, isi formulir permohonan paspor yang tersedia di loket permohonan paspor kantor imigrasi. Pastikan mengisi data sesuai dengan informasi yang ada di dokumen resmi.

4. Jika sudah selesai, kamu bisa menyerahkan formulir tersebut ke loket untuk pembuatan paspor baru untuk mendapatkan bukti tanda terima serta jadwal pengambilan sidik jari dan foto.

5. Cara membuat paspor setelah melalui proses pengambilan sidik jari dan foto, tahap yang harus kamu lewati adalah tahap wawancara. Wawancara ini dilakukan untuk memverifikasi dokumen asli dengan keterangan yang ditulis di formulir pembuatan paspor.

6. Kalau semua tahapan ini telah selesai kamu lalui, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Jika sudah, kamu akan mendapatkan informasi kapan paspor akan selesai dan bisa diambil.

Cara Membuat Paspor Online

1. Unduh Aplikasi

Cara membuat paspor online yang harus kamu perhatikan adalah dengan download terlebih dahulu aplikasi Paspor Online melalui Google Play atau App Store. Aplikasi ini gratis dan dapat diunduh kapan saja. Berikut cara mengaktifkan aplikasi paspor online:

- Cara membuat paspor online setelah download, masukkan email dan nomor telepon. Tunggu konfirmasi melalui email kamu.

- Kemudian masukkan kode. Selanjutnya, kamu harus mengisi data diri sesuai kartu identitas. Usahakan mengisi dengan benar. Setelah semua data sudah dimasukkan, pilih lanjut.

- Cara membuat paspor online kamu akan menuju halaman baru dan pilih menu yang ada di pojok kiri atas. Itu adalah kantor Imigrasi yang ingin kamu tuju untuk melakukan permohonan paspor.

- Kemudian kamu bisa bebas memilih jadwal kapan akan mengurus paspor di kantor Imigrasi. Ada kolom tanggal dan jam. Tapi untuk jam di sini hanya tersedia pilihan 'pagi' dan 'siang' saja.

- Selanjutnya isi jumlah pemohon dan akhir dengan klik 'lanjut'.

- Setelah itu, kamu akan menerima sebuah file berformat pdf yang harus kamu download.

- File tersebut kemudian di-print dan kemudian harus membawanya saat mendatangi kantor Imigrasi. Tidak hanya membawa bukti cetak itu saja, kamu juga harus membawa syarat dan kelengkapan lain untuk membuat paspor.

 

2. Berkas yang Diperlukan untuk Membuat Paspor

Cara membuat paspor online ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Berkas ini harus dibawa bersama dengan bukti cetak yang sudah diprint tadi. Adapun berkas yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

- KTP (pastikan KTP Anda sudah e-KTP)

- KK (Kartu Keluarga)

- Akta Kelahiran atau surat baptis

- Akta perkawinan atau buku nikah, ijazah

- Paspor lama, jika kamu ingin perpanjang paspor

 

3. Datang ke Kantor Imigrasi

Walaupun telah membuat melalui online kamu tetap harus pergi ke kantor Imigrasi. Hal ini dikarenakan sistem online hanyalah untuk mempersingkat proses pendaftaran. Kamu harus tetap datang ke kantor Imigrasi guna melakukan verifikasi data atau berkas serta wawancara.

Wawancara di sini, biasanya akan dilakukan seputar mengenai mengapa kamu membutuhkan paspor tersebut. Setelah proses wawancara, kamu akan dipersilakan oleh petugas untuk membayar biaya pembuatan paspor serta administrasi.

Pembayaran dapat dilakukan melalui bank. Sekadar informasi, paspor yang kamu buat tidak akan langsung jadi hari itu juga. Melainkan baru akan tersedia setidaknya empat hari kerja sampai satu minggu lamanya.

 

 

Tata Cara Bagaimana Membuat Paspor Elektronik atau E-paspor

Dulu e-paspor bisa dilakukan secara online, namun kini hanya bisa dilakukan dengan langsung datang ke kantor Imigrasi. Hanya saja pembuatan e-paspor hanya bisa dilakukan di DKI Jakarta, Batam, dan Surabaya. Selain itu, hanya bisa membuat paspor biasa.

Cara membuat paspor untuk memudahkan e-paspor, sebaiknya kamu menunggu paspor biasa kamu sudah habis masa berlakunya. Apabila belum habis, maka akan sulit untuk mengurus e-paspor di kantor Imigrasi tersebut.

Jangan sampai kamu sudah dalam proses pembuatan paspor biasa lalu mengurus e-paspor dalam waktu yang bersamaan. Pilih salah satu saja karena keduanya memiliki fungsi yang sama.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta-Fakta di Balik Temuan 3 Orang Tewas di Gunung Tampomas

Posted: 03 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Sumedang - Kabar tiga pendaki meninggal dunia di Gunung Tampomas menyita perhatian banyak orang. Pasalnya ketiga pendaki tersebut meninggal dunia karena hipotermia lantaran perbekalan yang seadanya dan tidak mematuhi safety prosedur seorang pendaki.

Berikut fakta-fakta di balik 3 orang meninggal dunia saat mendaki Gunung Tampomas, di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Hipotermia

Kantor SAR Bandung menerima informasi tiga orang meninggal dunia dalam kondisi terbujur kaku. Dugaan sementara, ketiga pendaki tersebut mengalami hipotermia

"Kondisi tubuh terbujur kaku dan kemungkinan besar terkena hipotermia," kata Joshua, Juru Bicara Kantor SAR Bandung.

Ketiga pendaki tersebut terdata mulai mendaki pada Sabtu (2/3/2019), dan ditemukan sudah tak bernyawa pada Minggu (3/3/2019).

 

Pos 4

Posisi ketiga korban meninggal dunia di Gunung Tampomas saat ditemukan berada di Pos 4 dalam perjalanan turun setelah puncak. Lokasi itu masuk dalam kawasan Desa Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Saat ini, ketiga korban meninggal dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang.

"Untuk proses selanjutnya Kita bekerjasama dengan pihak DVI untuk mencari tahu identitas ketiga korban," ujar Joshua.

 Anak ABG

Tiga pendaki yang meninggal dunia di Gunung Tampomas belakangan diketahui masih berusia belasan tahun. Ketiganya atas nama Ferdi Firmansyah (13), Lucky Parikesit (13), dan Agip Trisakti (15). Ketiganya merupakan warga Desa Tugu Kindul, Kecamatan Sliyeg, Indramayu.

Pertama Kali Ditemukan

Pendaki asal Bekasi yang menjadi saksi penemuan ketiga jasad tersebut awalnya merasa heran karena orang di dalam tenda tak kunjung keluar tenda. Karena penasaran, saksi mendekati tenda korban, ternyata didapati ada orang yang terbujur kaku dalam tenda.

"Saksi melihat dari jendela tenda, namun ketiga korban yang dilihat terbujur kaku. Saksi langsung melapor melalui pos Narimbang. Kemudian tim menuju lokasi," kata Joshua.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Versi 4 Survei

Posted: 03 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pilpres 2019 semakin dekat, sejumlah lembaga survei merilis hasil survei terbaru. Berapa jarak elektabilitas Jokowi dan Prabowo?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Predator Anak Ternyata Paling Senang Berburu Korban di Instagram

Posted: 03 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Platform Instagram ternyata jadi media sosial (medsos) terfavorit paedofil atau predator anak dalam menjaring korbannya.

Hal ini diketahui berdasarkan sebuah laporan dari National Society for the Prevention of Cruelty to Children (NSPCC), sebuah lembaga yang berupaya mencegah kekerasan terhadap anak-anak.

Mengutip laman Engineering and Technology (E&T), Senin (4/3/2019), kasus child grooming alias membangun hubungan emosional dengan seorang anak untuk tujuan pelecehan seksual meningkat tiga kali lipat di Instagram selama 18 bulan terakhir.

Hal ini seiring dengan meningkatnya kekhawatiran tentang eksploitasi seksual anak-anak di platform medsos.

Dalam menyelenggarakan penelitiannya, para peneliti di NSPCC mengajukan permintaan kebebasan informasi terhadap kepolisian di Inggris dan Wales.

Mereka meminta data tentang insiden komunikasi seksual dengan korban anak-anak yang dilaporkan. Masalah komunikasi seksual dengan anak dianggap sebagai tindak kriminal pada April 2017.

Polisi yang menanggapi permintaan dari NSPCC merinci, ada 5.161 insiden komunikasi seksual sejak April 2017. Jumlah peningkatan pelanggaran hampir 50 persen dalam enam bulan terakhir dibandingkan periode yang sama dengan tahun lalu.

Tujuh dari 10 korban ternyata adalah anak berusia 12-15 tahun, atau lebih muda. Bahkan, korban termuda berusia 5 tahun saat ditarget sebagai calon korban.

Hasil penelitian tersebut mencatat, Instagram sebagai platform yang paling banyak dipakai untuk menghubungi anak-anak (sebesar 32 persen), diikuti dengan Facebook (23 persen), dan Snapchat (14 persen).

Angka Pelecehan Anak Lewat Instagram Meningkat

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Tercatat, anak-anak yang menjadi sasaran pelecehan melalui Instagram meningkat tiga kali lipat dalam 18 bulan terakhir.

Tidak hanya itu, Royal Society for Public Health mencatat, Instagram dianggap sebagai medsos terburuk untuk kesehatan mental kaum muda.

CEO NSPCC Peter Wanlass menuding perusahaan medsos telah gagal mengatur organisasinya.

"Angka-angka di atas merupakan bukti besar bahwa tugas untuk menjaga anak-anak tetap aman tidak bisa dilakukan oleh jejaring sosial. Kita tidak bisa menunggu terjadinya tragedi berikutnya hingga perusahaan teknologi bertindak," tuturnya.

Instagram dan Facebook sendiri masih menerima anak-anak sebagai pengguna, pasalnya jejaring sosial ini mewajibkan pendaftar berusia 13 tahun ke atas untuk membuat akun.

Meski begitu, tidak ada proses verifikasi usia yang mencegah pengguna muda dari kebohongan tentang usia guna membuat akun.

Melihat pembatasan usia yang tak ketat ini, pemerintah setempat pun berupaya untuk memperkenalkan identitas digital bagi anak-anak untuk bisa mengakses website.

Kata Facebook

Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video (sumber: istockphoto)

Juru Bicara Facebook mengakui, menjaga keamanan anak-anak jadi prioritas utama mereka.

Oleh karena itu, Facebook bekerja sama dengan kepolisian dan lembaga perlindungan anak untuk berjuang secara agresif untuk melindungi pengguna mudanya.

Pada sisi lain, juru bicara Snapchat mengatakan, eksploitasi pengguna terutama anak-anak sangatlah tidak bisa diterima.

Lain lagi dengan layanan video streaming YouTube yang dimiliki Google. Mereka menyebut, ada banyak komentar terkait pelecehan anak di YouTube.

YouTube kemudian secara otomatis menghapus seluruh komentar di semua video anak sembari bekerja untuk menyelesaikan masalah ini.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih di Bawah Pengaruh Narkoba, Pemeriksaan Sandy Tumiwa Ditunda

Posted: 03 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sandy Tumiwa menjadi tersangka setelah dinyatakan positif menggunakan narkoba jenis sabu. Saat ini, mantan suami Tessa Kaunang ini masih ditahan di Polsek Menteng, Jakarta Pusat.

Pada Minggu (3/3/2019) Sandy Tumiwa pun kembali menjalani pemeriksaan. Tim kuasa hukumnya, Bejo Iskandar, mendampingi kliennya tersebut.

"Tapi saya minta pemeriksaannya dihentikan dulu karena saya lihat kondisi Sandy Tumiwa belum stabil artinya dia jawabnya masih berubah-ubah. Kadang dia jawab begini begitu," ujar Joko dalam talkshow Pagi Pagi Pasti Happy, Senin (4/3/2019).

Pengaruh Narkoba

Sandy Tumiwa foto: istimewa

Saat menjalani pemeriksaan, diduga Sandy Tumiwa masih ada di bawah pengaruh narkoba, sehingga pengacara meminta agar pemeriksaan ditunda di kemudian hari.

"Iya mungkin masih ada efek dari obatnya itu," jelas Joko Iskandar.

Positif Sabu

Sandy Tumiwa (Adrian Putra/bintang.com)

Sandy Tumiwa ditangkap polisi di sebuah hotel di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (1/3/2019) pukul 02.20 WIB. Dalam penangkapan tersebut, polisi menyita 0,24 gram sabu berikut dengan alat isapnya atau bong.

Ia ditangkap bersama rekannya yang berinisial MA. Saat ditangkap, Sandy Tumiwa mengaku sudah mengonsumsi sabu yang ia miliki.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Ingatkan ASN Netral dan Ikuti Aturan KPU dan Bawaslu

Posted: 03 Mar 2019 09:59 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral dalam Pemilu 2019. Hal tersebut disampaikannya usai melantik Akmal Malik sebagai pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah dan Suhajar Diantoro sebagai Plt Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP).

Dirjen Otonomi Daerah sebelumnya yaitu Sumarsono atau Soni dan Sekretaris BNPP Widodo Sigit Pudjianto telah memasuki masa pensiun.

"Dalam konteks pemilu dia (ASN) harus netral. Ikutin undang-undang, aturan di KPU dan Panwas. Enggak boleh ikut kampanye," ucap Tjahjo di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Bukan hanya tidak boleh ikut kampanye, menurut Mendagri, ikut mengorganisir massa untuk memilih salah satu kandidat juga tak diperkenankan.

"Menggerakkan dan mengorganisir enggak boleh," ungkap mantan Sekjen PDIP ini.

Meski demikian, lanjut dia, ASN harus tetap patuh dengan atasannya. Terlebih jika diminta untuk sosialisasi program pemerintah. Karena itu bagian tugasnya.

"Sebagai ASN, taat dan patuh harus instruksi untuk sosialisasi regulasi aturan tapi kampanye enggak boleh," pungkas Mendagri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 Anak Buah Ali Kalora Tewas dalam Kontak Tembak dengan Satgas Tinombala

Posted: 03 Mar 2019 09:52 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Polri membenarkan kontak senjata antara Satgas Tinombala dengan kelompok anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso Pesisir, Sulawesi Tengah, pada Minggu petang 3 Maret 2019. Satu dari kelompok anggota MIT anak buah Ali Kalora, bernama Romsi alias Basyir dinyatakan tewas dalam insiden tersebut.

"Satu DPO (daftar pencarian orang/buron) asalnya dari Bima alias Romzi, dia termasuk DPO lama di bawahnya Ali Kalora dari tahun 2012. Dia meninggal dunia," kata Asops Kapolri Irjen Rudy Sufahriadi dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dari tangan anak buah Ali Kalora, polisi mengamankan satu barang bukti sepucuk senapan laras panjang berjenis M16. Selain itu, polisi juga mengamankan satu orang dari kelompok yang sama dari insiden tersebut.

"Anggota MIT atas nama Aditya alias Idad alias Kuasa kami juga amankan, dia ditangkap hidup, asalnya dari Ambon Maluku," lanjut Rudy.

Rudy menegaskan, pengejaran terhadap kelompok MIT, saat ini terus dilakukan. Karena diketahui semenjak 2012 pentolan mereka, Ali Kalora masih menjadi fokus pengejaran.

"DPO-DPO lama, seperti Ali Kalora terus dilakukan, semenjak saya jadi Kapolda masih belum tertangkap. Tapi kita apresiasi hasil kerja tim Satgas Tinombala kemarin," pungkas Rudy.

 

Kronologi Kejadian

Peristiwa terjadi di wilayah perkebunan Padopi, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, sekitar pukul 17.15 Wita, Minggu 3 Maret 2019.

Sekitar pukul 09.30 Wita, Tim Satgas Tinombala yang dipimpin Mayor Inf Aryudha menerima informasi dari masyarakat bahwa ada sekitar lima orang DPO MIT Poso beristirahat di pondok milik salah satu warga.

Tim Satgas pimpinan Aryudha kemudian berangkat menuju Desa Padopi untuk menangkap kelima orang DPO tersebut. Sekitar pukul 17.15 Wita terjadi kontak tembak antara Satgas Tinombala dengan kelompok teroris tersebut.

Setelah kontak tembak itu, petugas menemukan satu orang DPO MIT tewas dan satu lainnya masih hidup. Selain itu, petugas menyita satu pucuk senjata M-16. Evakuasi jenazah direncanakan akan dilakukan Senin, 4 Maret 2019.

Dengan tertembak dan tertangkap dua DPO kasus terorisme itu, maka jumlah DPO yang diburu anggota Satgas Operasi Tinombala Poso saat ini masih 13 orang lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Sesuai Prediksi, Rupiah Justru Melemah hingga 14.155 per Dolar AS

Posted: 03 Mar 2019 09:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Senin ini. Menurut analis, dengan sentimen yang ada seharusnya rupiah menguat.

Mengutip Bloomberg, Senin (4/3/2019), rupiah dibuka di angka 14.137 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.120 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.115 per dolar AS hingga 14.155 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 1,83 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jidsor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.149 per dolar AS. Posisi rupiah di awal pekan ini melemah jika dibandingkan dengan Jumat lalu yang ada di angka 14.111 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, pada hari ini rupiah justru diprediksi menguat.

"Setelah sebelumnya selama tiga hari berturut-turut rupiah melemah, mestinya rupiah ada potensi penguatan," ujar Lana.

Perkembangan terakhir pembicaraan kesepakatan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China dikabarkan mendekati final, yang bisa mengakhiri ancaman pengenaan tarif 25 persen atas-barang-barang impor China ke AS senilai 200 miliar dolar AS.

Presiden Trump juga telah meminta China untuk segera mencabut tarif atas produk-produk pertanian AS.

Setelah sejak April 2018 lalu, isu perang dagang antara AS-China membuat ketidakpastian global. Bahkan badan dunia seperti IMF dan Bank Dunia memproyeksi turun pertumbuhan ekonomi global.

Menurut Lana, pasar menyambut positif potensi kesepakatan ini. Menurunnya ketidakpastian berpotensi membuat dolar AS melemah

"Rupiah diperkirakan menguat menuju kisaran antara 14.090 per dolar AS sampai dengan 14.120 per dolar AS," ujar Lana.

 

BI Nilai Rupiah Masih Terlalu Murah

Teller tengah menghitung mata uang rupiah dan dolar di Bank Mandiri, Jakarta, Kamis (10/1). Hingga hari ini, US$ 1 dibanderol Rp 14.020. Rupiah menguat 0,71% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah mengalami tren penguatan terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) dalam beberapa hari terakhir ini. Namun meskipun sudah mengalami penguatan, Bank Indonesia (BI) melihat bahwa level saat ini masih murah atau undervalued.

Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ke depannya masih berpotensi untuk terus menguat.

"Nilai tukar rupiah ke depan akan bergerak stabil dan rupiah saat ini masih undervalued," kata Perry pada Jumat 22 Februari 2019.

Perry mengungkapkan ada 4 faktor yang akan menjadi pendorong stabilitas rupiah di tahun ini. 

"Jadi ke depan stabilitas rupiahakan didukung oleh 4 hal, yakni masuknya aliran modal asing tambah suplai valas (valuta asing) dalam negeri ,kedua fundamental ekonomi lebih baik dari sisi pertumbuhan,inflasi rendah dan CAD yang juga menurun," ujarnya.

Selain itu, kenaikkan suku bunga AS atau FFR yang dilakukan oleh The Fed tidak akan seagresif tahun lalu. Hal itu membuat posisi Rupiah semakin aman di pasar.

"Tentu saja ketiga FFR yang kan lebih rendah semula 3 kali, kemudian diturunkan 2 kali dan diperkirakan tahun ini hanya naik 1 kali FFR," jelasnya.

Terakhir adalah mekanisme pasar yang dinilai semakin membaik.

"Keempat mekanisme pasar yang terus semakin baik, baik di swap, dan DNDF (Domestic Non Deliverable Forward)," tutupnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Anemia pada Ibu Hamil Ini Perlu Diketahui, Begini Cara Mengatasinya

Posted: 03 Mar 2019 09:50 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Buat Anda yang sedang mengalami masa kehamilan, pasti ada beberapa perubahan yang terjadi di dalam tubuh seorang wanita. Salah satunya adalah tubuh akan mengalami produksi sel darah dalam jumlah yang lebih banyak. Hal ini tentunya untuk menyokong pertumbuhan janin.

Nah, kalau tubuh Anda tidak memiliki jumlah zat besi atau vitamin lain yang cukup, maka tubuh tidak dapat memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan untuk menambah kebutuhan sel darah. Oleh karena itu, wanita yang sedang hamil rentan mengalami anemia.

Anemia sendiri disebabkan karena kurangnya jumlah sel darah merah sehat untuk menghantarkan oksigen ke jaringan dan janin. Lebih dari 50 persen wanita hamil mengalami anemia.

Pada pemeriksaan laboratorium darah, seseorang dikatakan enamia bila kadar hemoglobin (Hb) kurang dari 12 mg/dl. Menurut World Health Organization (WHO), seorang wanita hamil dikatakan anemia bila kadar Hb < 11 mg/dl.

Namun di Indonesia, WHO menetapkan anemia bila kadar Hb < 10 mg/dl. Penyebab anemia yang paling sering terjadi pada wanita hamil adalah karena kekurangan zat besi. Saat kebutuhan zat besi di masa hamil meningkat, dan ketidakmampuan wanita hamil untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, maka dapat menyebabkan gangguan pada ibu dan janinnya.

Kalau hal ini tidak ditangani dengan baik dan dibiarkan berlarut, anemia pada wanita hamil dapat menyebabkan komplikasi bayi lahir prematur dan berat bayi lahir rendah.

Lalu bagaimana gejala anemia pada ibu hamil? Apakah berbeda dengan penderita anemia pada umumnya? Berikut Liputan6.com, Senin (4/3/2019) telah merangkumnya dari Klikdokter seputar gejala anemia pada ibu hamil.

Gejala Anemia yang Timbul pada Ibu Hamil

Tenyata gejala anemia pada ibu hamil tak ada yang berbeda pada penderita umumnya. Seperti ini gejala anemia yang pada umumnya terjadi di masyarakat.

1. Tampak pucat di kulit, bibir, dan kuku.

2. Lelah.

3. Pusing.

4. Sesak napas.

5. Berdebar-debar.

6. Sulit berkonsentrasi.

Pada fase awal, ibu hamil mungkin belum menunjukkan gejala yang berarti. Bahkan banyak dari gejala di atas itu, bisa timbul meski ibu hamil tidak mengalami amnesia. Oleh sebab itu, sebaiknya perlu melakukan pemeriksaan prenatal rutin dan darah bila ditemui indikasi.

Bahaya Anemia Jika Tidak Ditangani dengan Serius

Anemia berat atau yang tidak ditangani saat kehamilan dapat meningkatkan berbagai risiko media bagi ibu hamil dan janin. Risiko yang dapat terjadi bagi ibu hamil dan janin seperti:

1. Bayi lahir prematur.

2. Berat badan lahir bayi rendah.

3. Depresi pasca melahirkan.

4. Bayi terlahir dengan anemia.

5. Gangguan perkembangan bayi-anak.

6. Cacat saraf otak dan sumsum tulang belakang janin. Hal ini diakibatkan kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Lakukan Pencegahan Anemia Saat Kehamilan

Agar Anda tidak mengalami anemia saat kehamilan, Anda perlu mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang kaya zat besi dan vitamin B lainnya. Selain itu, usahakan juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, setidaknya 3 sajian per harinya. Ini makanan yang kaya akan zat besi:

1. Sayur-sayuran

Sayur-sayuran yang memiliki nutrisi tinggi adalah sayuran yang berdaun hijau seperti bayam dan brokoli. Kedua sayuran ini sudah banyak diketahui merupakan makanan yang mengandung zat besi dan asam folat yang penting bagi ibu hamil.

2. Buah-buahan

Buah-buahan yang baik ibu hamil adalah buah-buahan yang mengandung banyak vitamin, baik itu vitamin A, vitamin B, ataupun vitamin C. Anda bisa coba mengonsumsi buah pisang, karena buah pisang memiliki kandungan zat besi dan mineral yang tinggi.

Ya, jeruk dengan kandungan vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi.

3. Daging

Daging merupakan menu yang paling mudah ditemui dan banyak mengandung zat besi. Kandungan zat besi pada daging lebih efisien dan lebih tinggi dibandingkan sumber zat besi nabati.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil adalah kacang almond. Ya, kacang almond dikenal memiliki kandungan zat besi yang penting untuk ibu hamil.

5. Kurma

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kurma merupakan makanan yang dapat meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan memakan 2 butir kurma setiap harinya saat hamil, sangat dianjurkan.

6. Madu

Madu yang memiliki kandungan zat besi ini baik sekali untuk ibu hamil. Madu dapat dikombinasikan dengan buah-buahan sehingga meningkatkan kesehatan ibu hamil.

7. Oatmeal dan hevernmut

Oatmeal dan havernmut mengandung mineral yang baik untuk ibu hamil. Selain baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, oatmeal dan havernmut juga mudah didapatkan dan juga mudah dicerna.

Nah, untuk mempercepat penyerapan zat besi, konsumsilah makanan kaya vitamin C seperti buah sitrus, stoberi, kiwi, tomat, dan paprika. Usahakan untuk mengonsumsi makanan ini dalam waktu bersamaan dengan mengonsumsi zat besi, ya.

Selain itu, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya asam folat seperti yang terdapat pada sayuran hijau, buah sitrus, dan kacang kering. Penting juga untuk mengikuti anjuran dan instruksi dokter kandungan yang menangani Anda tentang suplemen asam folat dan zat besi yang perlu dikonsumsi saat hamil.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peluk Romantis hingga Jadi Petinju, Konsep Unik Foto Kehamilan Kedua Putri Titian

Posted: 03 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Momen kehamilan kerap kali diabadikan oleh para selebritas melalui pemotretan. Pasalnya, kehamilan merupakan momen istimewa dan membawa kebahagiaan bagi pasangan suami istri. Putri Titian salah satunya.

Meskipun ia menjalani kehamilan keduanya, aktris berusia 27 tahun ini tetap mengabadikan momen bahagia tersebut. Malahan Iori, calon kakak turut meramaikan pemotretan orangtuanya.

Tak ketinggalan, Putri pun turut mengabadikan pemotretan karya Baby Axioo tersebut ke akun Instagramnya. Berikut ini adalah deretan foto kehamilan kedua Putri.

Sang suami, Junior Liem dengan mesra memeluk perut buncit Putri dari belakang. Foto yang bernuansa tenang tersebut memperlihatkan kebahagiaan pasangan itu menyambut anak keduanya. Sesuai keterangan dalam unggahan tersebut, mereka siap menyambut petualangan baru yang menantinya.

 

Foto Bertema Petinju

Memegang papan ronde kedua, mereka kompak menyambut kelahiran buah hati. (dok. Instagram @putrititian/https://www.instagram.com/p/BuX41o1nDjS/Esther Novita Inochi)

Dalam pemotretan ini, Putri dan keluarganya pun mengambil tema petinju. Mereka kompak mengenakan jubah petinju berwarna jingga dengan aksen kuning. Di tangan pemain sinetron tersebut, terdapat papan yang bertuliskan "Round 2".

Iori tampil menggemaskan digendong sang ayah. Unggahan tersebut diunggah dengan tagar #JUNANDTIANROUND2, menandakan bahwa mereka siap menyambut ronde kedua dalam mahligai pernikahannya.

 

Putri Titian dan Junior Liem kompak bertanding perut buncit mereka. (dok. Instagram @putrititian/https://www.instagram.com/p/BuYnxtzHy7a/Esther Novita Inochi)

Momen pemotretan juga menjadi ajang tanding perut buncit. Pasalnya, pasangan ini kompak memamerkan perut mereka yang telah membesar.

Pemotretan ini ternyata mengingatkan Putri akan kehamilan perdananya. Ketika sedang hamil Iori, mereka juga mengabadikan momen kehamilan perdana Putri dengan pose yang sama.

 

Bernuansa Pastel

Putri Titian dan keluarganya kompak memakai pakaian bergaya pastel. (dok. Instagram @putrititian/https://www.instagram.com/p/Bucl5agnHp1/Esther Novita Inochi)

Keluarga ini pun mengambil tema pastel sebagai salah satu sesi pemotretan kehamilan Putri. Ketiganya kompak tampil sporty dengan sepatu sneakers. Mereka juga memasang gaya mengecat dinding di belakangnya.

Putri terlihat memakai dress berwarna biru langit dan outer biru pastel. Sepatu yang ia kenakan berwarna putih dengan aksen emas. Sedangkan, sang suami memakai jaket berwarna merah bata dengan paduan kaus putih dan celana jins.

Di foto ini, Putri Titian ingin menikmati masa terakhir Iori menjadi anak tunggal. (dok. Instagram @putrititian/https://www.instagram.com/p/BubNg-DnriE/Esther Novita Inochi)

Dalam foto ini, terlihat Putri hendak merangkul sang calon kakak. Iori memakai jaket hijau dengan paduan kaus putih bergaris merah dan celana abu-abu. Nuansa pakaian yang dikenakan membuat ibu dan anak ini terlihat kompak.

Keterangan foto tersebut bertuliskan rasa sayang selebritas ini kepada Iori. Pasalnya, ia ingin menghargai minggu-minggu terakhir Iori menjadi anak tunggal. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ribuan Warga Desa Adat di Bali Ikuti Prosesi Pembersihan Jelang Nyepi

Posted: 03 Mar 2019 09:42 PM PST

Fokus, Bali - Ribuan krama atau warga Desa Adat Pakraman dari 14 Banjar atau dusun di Buleleng, Bali, mengikuti prosesi melasti atau pembersihan serta penyucian hari Minggu kemarin.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (4/3/2019), arak-arakan pemelastian dimulai dari Pura Desa Adat Pakraman menuju Pura Segara.

Warga terlihat antusias mengikuti rangkaian arak-arakan dengan mengusung puluhan sarad dan kotak ampilan dari masing-masing pura dadia dan panti yang disimbolkan dengan pralingga dan pratima atau benda-benda sakral yang biasa disimpan di pura.

Prosesi diawali dengan makekobok atau menyusuri bibir pantai dan berakhir di pura segara desa adat pakraman Buleleng. Tidak seperti tahun tahun sebelumnya, kali ini prosesi pemelastian digelar lebih awal karena bersamaan dengan upacara panca walikrama di Pura Besakih.

Prosesi pemelastian juga akan digelar oleh sejumlah desa menjelang perayaan nyepi. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit Alzheimer, Penyebab dan Gejala Serta Bedanya dengan Demensia

Posted: 03 Mar 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Apa yang terlintas dalam benakmu jika mendengar mengenai penyakit alzheimer? Penyakit alzheimer sendiri ialah penyakit degeneratif progresif pada otak yang umumnya menyerang orang tua. Selain itu, penyakit ini juga kerap dikaitkan dengan perkembangan plak-plak beta amiloid pada otak.

Penyakit alzheimer sendiri sering ditemukan pada orang-orang yang telah menginjak usia 65 tahun. Seiring dengan bertambahnya usia, maka resiko meningkatnya penyakit alzheimer pun semakin bertambah.

Alzheimer bukanlah jenis penyakit menular. Penyakit alzheimer merupakan jenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada waktu yang hampir bersamaan. Hal inilah yang mengakibatkan otak tampak mengecil. Nama penyakit alzheimer pun diambil oleh seorang ilmuwan asal Jerman yaitu Alois Alzheimer.

Alzheimer sendiri merupakan penyakit yang membuat jaringan pada otak rusak seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini bisa mengakibatkan sang pasien menderita kepikunan ringan ataupun terlihat bingung. Penyebab pasti dan juga pengobatannya dari penyakit alzheimer ini pun belum benar-benar diketahui.

Beda Penyakit Alzheimer dan Demensia

Penyakit Alzheimer Foto: nordicinnovation

Meskipun sama-sama penyakit pada gangguan pada otak, nyatanya keduanya pun berbeda. Alzheimer sendiri ternyata ialah penyakit gangguan pada sel otak. Selain itu, alzheimer juga merupakan salah satu penyebab dari penyakit demensia.

Demensia sendiri merupakan gangguan pada fungsi kognitif dalam otak. Penyebab dari penyakit demensia ini pun bisa terjadi lebih dari satu gangguan fungsi kognitif. Sama seperti alzheimer, penyebab pasti dari demensia pun belum benar-benar diketahui.

Namun, meski penyebab pasti dan cara pengobatannya belum benar-benar diketahui, ada beberapa hal yang bisa kamu jadikan tanda jika seseorang menderita penyakit alzheimer. Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut ini penyebab dan juga gejala penyakit alzheimer yang perlu kamu ketahui, Senin (4/3/2019).

Gejala Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer (Sumber: iStockphoto)

Gejala bagi penderita penyakit alzheimer ini bisa berkembang dalam tiga tahapan. Tahapan gejala dari pasien ialah tahap awal, tahap menengah dan juga tahap akhir.

Tahap Awal

Pada tahap ini termasuk dalam gejala utama penyakit alzheimer. Pasien sendiri akan kehilangan ingatannya secara sedikit demi sedikit. Berikut ini gejala dari alzheimer pada tahap awal yang harus kamu tahu.

1. Sering lupa dengan hal-hal yang belum lama dibicarakan

2. Sering lupa dengan nama tempat ataupun benda

3. Sering menceritakan hal yang sama secara berulang

4. Bingung dan tersesat pada suatu tempat meski sering berkunjung

5. Sering salah menaruh barang dan lupa cara menggunakannya

6. Mulai kesulitan dalam berkomunikasi serta sulit untuk menulis

7. Lebih banyak menghabiskan waktu untuk menyendiri dan enggan untuk bersosialisasi

8. Tidak mau beradaptasi dengan perubahan yang ada

Tahap Menengah

Pada tahap ini, tingkat dari gejala penyakit alzheimer ini akan bertambah dari sebelumnya. Sehingga seseorang yang telah masuk tahap menengah, sebaiknya perlu diberikan perhatian lebih dan juga dibantu untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

1. Sulit untuk mengingat nama keluarga dan juga sahabat

2. Sering berhalusinasi

3. Sering kebingungan

4. Perubahan pada suasana hati pun sering terjadi dan juga cepat

5. Mengalami kesulitan untuk berkomunikasi

6. Sering merasa cemas, frustasi dan juga gelisah

Tahap Akhir

Pada gejala di tahap akhir ini, pasien penderita penyakit alzheimer ini benar-benar memerlukan dukungan dan juga bantuan orang terdekat. Selain itu, orang-orang terdekat yang membantu dan juga memberi dukungan biasanya kerap mengalami tekanan pada diri sendiri. Berikut ini beberapa gejala penyakit alzheimer di tahap akhir.

1. Kesulitan untuk bergerak jika tak dibantu oleh orang lain

2. Sering buang air kecil dan juga buang air besar tanpa disadari

3. Penurunan pada daya ingat

4. Tidak bisa untuk beraktivitas secara normal

5. Kesulitan untuk berkomunikasi

6. Sulit untuk makan sendiri dan juga menelannya

7. Penurunan berat badan secara drastis

Penyebab Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer (Fotoluminate LLC/Shutterstock)

Tentu saja jika mengalami gejala dari penyakit alzheimer, pastinya ada pemicu ataupun penyebab. Penyebab dari penyakit alzheimer sendiri memang belum diketahui, akan tetapi beberapa faktor pun bisa dijadikan sebagai pendukung untuk meningkatkan resiko penyakit ini.

1. Umur

Faktor umur ini bisa dikatakan sebagai faktor terkuat yang menyebabkan seseorang menderita alzheimer. Seseorang yang berusia 65 tahun, kemungkinan untuk mengalami penyakit ini cukup besar.

2. Genetik

Faktor genetik pun bisa menyebabkan adanya alzheimer. Penyebab ini pun bisa terjadi pada seseorang di mana memiliki orangtua yang memiliki penyakit alzheimer.

3. Gaya hidup

Ternyata gaya hidup yang kurang sehat pun bisa menjadi salah satu penyebab seseorang menderita alzheimer.

4. Memiliki daftar riwayat penyakit tertentu

Bagi yang memiliki daftar riwayat penyakit hipertensi, kardiovaskular, diabetes, obesitas, hiperkolesterolemia serta meningkatnya kadar homocyteine, kamu perlu untuk waspada.

5. Wanita

Penderita alzheimer sendiri kebanyakan wanita dibandingkan dengan kaum pria.

Jika kamu ataupun anggota keluarga memiliki gejala penyakit alzheimer seperti yang tertera di atas, lebih baik untuk membawa dan berkonsultasi dengan dokter ahli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Merger Bank Dinar dan Oke Indonesia Bakal Efektif Semester I 2019

Posted: 03 Mar 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Penggabungan PT Bank Dinar Tbk (DNAR) dan PT Bank Oke Indonesia akan efektif pada 2 Mei 2019.

Penggabungan dua institusi keuangan tersebut akan efektif setelah memenuhi sejumlah persyaratan.

Pertama, penggabungan usaha tersebut memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Demikian mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 1 Maret 2019, seperti ditulis Senin (4/3/2019).

Kedua, diperolehnya persetujuan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dari Bank Dinar terhadap rencana penggabungan beserta dokumen transaksi yang diperlukan termasuk rencana penggabungan dan konsep akta penggabungan. RUPSLB Bank Dinar dan Bank Oke akan dilakukan pada 5 Maret 2019.

Ketiga, diperolehnya izin penggabungan dari OJK yaitu Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan. Keempat, ditandatangani akta penggabungan di hadapan notaries. Kelima, diperolehnya bukti pemberitahuan dan persetujuan darn Menkumham atas perubahan anggaran dasar dari Bank Dinar.

Dalam penggabungan ini, Bank Dinar akan bertindak sebagai bank penerima penggabungan. Setelah penggabungan efektif, Bank Oke akan berakhir karena hukum dan tanpa dilakukan likuidasi terlebih dahulu karena seluruh aktiva dan pasiva Bank Oke beralih karena hukum kepada Bank Dinar.

Pada informasi tambahan yang disampaikan di keterbukaan informasi BEI disebutkan kalau penggabungan antara Bank Dinar dan Bank Oke termasuk transaksi afiliasi. Hal ini sesuai Peraturan Bapepam-LK Nomor IX.E.I. Ini karena pada saat akan dilaksanakannya penggabungan, Bank Dinar dan Bank Oke akan dikendalikan langsung oleh pihak yang sama yaitu Apro.

Seperti diketahui, Apro Financial Co Ltd, asal Korea Selatan resmi membeli 77,38 persen kepemilikan saham PT Bank Dinar Tbk pada 2018. Sebelumnya Apro Financial Holding memegang saham PT Bank Oke Indonesia yang dahulu bernama PT Bank Andara.

Dengan ada penggabungan ini, manajemen mengharapkan seluruh pekerja dari Bank Oke akan bersedia untuk menjadi pekerja Bank Dinar. Demikian juga pekerja dari Bank Dinar yang diharapkan tetap melanjutkan masa kerja di Bank Dinar.

Proses pengalihan pegawai dari Bank Oke kepada Bank Dinar hanya akan berlaku bila penggabungan berlaku efektif. Usai penggabungan usaha bank ini mengakibatkan nilai aset bank hasil penggabungan melebihi Rp 20 triliun. Hal ini membuat perseroan wajib memberitahukan kepada Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam jangka waktu 30 hari kerja.

Ini sesuai aturan PP Nomor 57/2010, penggabungan usaha yang berakibat mencapai aset dan penjualan melebihi jumlah tertentu wajib diberitahukan kepada KPPU dalam jangka waktu 30 hari kerja sejak tanggal berlaku efektif secara yuridis penggabungan usaha.

Pada penutupan sesi pertama perdagangan saham Senin 4 Maret 2019, saham PT Bank Dinar Indonesia Tbk turun 1,91 persen ke posisi Rp 308 per saham. Total frekuensi perdagangan saham tiga kali.

 

Jadwal Penggabungan Usaha

Ilustrasi Bank Dunia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Jadwal penggabungan usaha antara lain menyerahkan agenda RUPSLB ke OJK Pasar modal, OJK Perbankan, serta persetujuan dewan komisaris PT Bank Dinar Indonesia Tbk dan Bank Oke terhadap rencana penggabungan pada 19 Desember 2018.

Pengumuman dari Bank Dinar dan Bank Oke secara tertulis kepada karyawan tentang rencana penggabungan, penyampaian pada surat kabar dan website pengumuman terkait ringkasan rancangan rencana penggabungan dan dokumen pendukung lain kepada OJK Pasar Modal dan penyampaian permohonan pencatatan saham hasil penggabungan ke BEI pada 21 Desember 2018.

Pengumuman dari Bank Dinar dan Oke kepada publik akan dilakukannya penyelenggaran RUPS pada 2 Januari 2019.

BEI memberikan persetujuan prinsip atas pencatatan saham hasil penggabungan pada 3 Januari 2019,tanggal terakhir pencatatan pemegang saham dalam daftar pemegang saham Bank Dinar yang berhak hadir dalam RUPSLB dan yang mempunyai hak untuk menjual sahamnya pada 1 Februari 2019.

Pemanggilan RUPSLB dari Bank Oke kepada pemegang saham pada 1 Februari 2019, pemanggilan RUPSLB dari Bank Dinar kepada publik melalui surat kabar pada 4 Februari 2019. Pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pengawas pasar modal atas rencana penggabungan pada 4 Maret 2019.

Penyampaian laporan tertulis ke BEI usai pernyataan penggabungan yang diajukan kepada OJK untuk menjadi efektif pada 5 Maret 2019. Pengumuman tambahan dan perubahan atas ringkasan rancangan penggabungan yang telah diumumkan melalui BEI dan surat kabar pada 1 Maret 2019.

Untuk periode pernyataan kehendak menjual dari pemegang saham Bank Dinar yang bermaksud menjual untuk menjual sahamnya dimulai, batas akhir cut off data untuk karyawan Bank Dinar dan Bank Oke untuk melanjutkan dan menghentikan perjanjian kerja dengan Bank Dinar dan Bank Oke, RUPSLB Bank Dinar dan Bank Oke.

Selain itu, dewan direksi Bank Dinar dan Bank Oke meneken akta penggabungan berdasarkan rancangan akta penggabungan yang telah disetujui oleh RUPSLB, dan akta notarial anggaran dasar sehubungan dengan hasil RUPSLB pada 5 Maret 2019.

Sementara itu, pengumuman hasil RUPSLB Bank Dinar kepada masyarakat melalui satu surat kabar berbahasa Indonesia kepada OJK dan BEI pada 8 Maret 2019, penyampaian pengumuman surat kabar terkait hasil RUPSLB kepada OJK pada 8 Maret 2019.

Pengajian permohonan izin penggabungan kepada PJK dan permohonan penggabungan sistem pembayaran Bank Dinar dan Bank Oke kepada Bank Indonesia pada 13 Maret 2019. Sedangkan pernyataan kehendak untuk menjual dari pemegang saham Bank Dinar pada 4 April 2019.

Perseroan mengharapkan persetujuan dari OJK terkait penggabungan pada 15 April 2019. Selanjutnya penyampaian salinan persetujuan OJK (Departemen Perizinan dan Informasi Perbankan) terkait penggabungan kepada BEI serta penyerahan amandemen anggaran dasar tentang penggabungan dan amandemen anggaran dasar ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 16 April 2019.

Kemudian persetujuan dan pendaftaran dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia terhadap amandemen anggaran dasar mengenai penggabungan pada 24 April 2019. Perdagangan terakhir saham Bank Dinar sebelum penggabungan di BEI pada 30 April 2019.

Perkiraan tanggal efektif penggabungan direncanakan 2 Mei 2019 atau tanggal lain yang disetujui oleh Bank Dinar dan Bank Oke yang merupakan tanggal pertama dari bulan sebagaimana disetujui tersebut.

Diharapkan perdagangan saham bank hasil penggabungan di BEI pada 3 Mei 2019. Demikian juga akan diumumkan hasil penggabungan oleh direksi bank penerima penggabungan dalam dua surat kabar berbahasa Indonesia, menyampaikan perubahan anggaran dasar dan persetujuan penggabungan dari Menkumham kepada IDX. Selain itu, Apro melaporkan efektif penggabungan kepada Korean Financial Supervisory Service (KFSS).

Kemudian pengumuman keterbukaan informasi dan pelaporan ke OJK terkait transaksi afiliasi atas penggabungan pada 6 Mei 2019, penyampaian surat kepada KPPU terkait merger pada 7 Mei 2019. Lalu pembayaran atas pembelian saham milik pemegang saham yang tidak setuju terhadap rencana penggabungan dan menjual sahamnya pada 16 Mei 2019.

Penyerahan amandemen anggaran dasar tentang penggabungan dan amandemen anggaran dasar ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 17 Mei 2019, persetujuan dan pendaftaran dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia terhadap amandemen anggaran dasar mengenai kegiatan penggabungan pada 24 Mei 2019, dan penyampaian perubahan anggaran dasar dan persetujuan penggabungan dari Menkumham kepada IDX pada 27 Mei 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perpres Cuma Atur Kendaraan Listrik Berbasis Baterai, Ini Reaksi Toyota

Posted: 03 Mar 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Peraturan Presiden (Perpres) terkait Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan memang masih digodok pemerintah.

Namun, dari berbagai bocoran yang ada, payung hukum ini nantinya tidak bakal mengatur mobil listrik turunan,  seperti hybrid, plug-in hybrid, dan energi terbarukan.

Menanggapi hal tersebut, salah satu pabrikan yang cukup siap dengan mobil hybrid-nya, PT Toyota Astra Motor (TAM) tak bergeming.

Meskipun begitu, raksasa otomotif asal Jepang ini, masih menunggu bagaimana peraturan tersebut saat resmi disahkan, dan diimplementasikan di pasar nasional.

"Berdasarkan komunikasi ke pemerintah, bahwa kita memasukkan hybrid sebagai salah satu electric car, karena untuk melompat langsung ke baterai atau EV itu banyak sekali infrastruktur yang dibutuhkan," jelas Anton Jimmi, Direktur Pemasaran TAM, saat berbincang dengan wartawan di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, untuk kendaraan hybrid, dengan mengandalkan fasilitas yang ada sekarang di seluruh Indonesia, bisa dikatakan sudah siap jalan.

 

Selanjutnya

Namun, jika berbicara mobil listrik, hanya beberapa daerah saja yang sudah siap, dan pastinya tidak bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat atau konsumen.

"Kedua, tujuan dari LCEV itu komitmen dari produksi. Toyota komitmen, kalau pemerintah memberikan insentif untuk hybrid kita siap untuk memproduksi," tegasnya.

Dirinya menilai jika Indonesia langsung lompat ke kendaraan listrik akan ada banyak penyesuaian.

"Penyesuaiannya banyak, jadi apakah itu langsung menyebar dalam jumlah banyak ke seluruh indonesia. Kita ada sedikit konsentrasi," pungkasnya.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menilik Keseruan CicLAvia, Car Free Day versi Amerika

Posted: 03 Mar 2019 09:32 PM PST

Orang-orang mengendarai sepeda di jalan-jalan bebas kendaraan bermotor pada acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Selain dihadiri oleh pesepeda, CicLAvia atau car free day ini juga akan diramaikan oleh pejalan kaki. (Chris Delmas/AFP)

Orang-orang mengendarai sepeda di jalan-jalan bebas kendaraan bermotor pada acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Selain dihadiri oleh pesepeda, CicLAvia atau car free day ini juga akan diramaikan oleh pejalan kaki. (Chris Delmas/AFP)

Seorang wanita dan anak kecil mengendarai sepeda di jalan-jalan bebas kendaraan bermotor selama acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Di Los Angeles, car free day disebut juga CicLAvia. (Chris Delmas/AFP)

Seorang wanita dan anak kecil mengendarai sepeda di jalan-jalan bebas kendaraan bermotor selama acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Di Los Angeles, car free day disebut juga CicLAvia. (Chris Delmas/AFP)

Seorang pria mengendarai sepeda telentang di jalan bebas kendaraan bermotor selama acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, AS, Minggu (3/3). Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2010 silam. (Chris Delmas/AFP)

Seorang pria mengendarai sepeda telentang di jalan bebas kendaraan bermotor selama acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, AS, Minggu (3/3). Acara ini pertama kali diadakan pada tahun 2010 silam. (Chris Delmas/AFP)

Seorang wanita mengendarai sepeda di jalan bebas kendaraan bermotor pada acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Selain dihadiri oleh pesepeda, CicLAvia atau car free day ini juga akan diramaikan oleh pejalan kaki. (Chris Delmas/AFP)

Seorang wanita mengendarai sepeda di jalan bebas kendaraan bermotor pada acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Selain dihadiri oleh pesepeda, CicLAvia atau car free day ini juga akan diramaikan oleh pejalan kaki. (Chris Delmas/AFP)

Seorang wanita mengendarai ELF 2FR di jalan bebas kendaraan bermotor pada acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Di Los Angeles, car free day disebut juga CicLAvia dan pertama kali diadakan pada 10 Oktober 2010. (Chris Delmas/AFP)

Seorang wanita mengendarai ELF 2FR di jalan bebas kendaraan bermotor pada acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Di Los Angeles, car free day disebut juga CicLAvia dan pertama kali diadakan pada 10 Oktober 2010. (Chris Delmas/AFP)

Orang-orang mengendarai sepeda di jalan-jalan bebas kendaraan bermotor selama acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Di Los Angeles, car free day disebut juga CicLAvia dan pertama kali diadakan pada 10 Oktober 2010. (Chris Delmas/AFP)

Orang-orang mengendarai sepeda di jalan-jalan bebas kendaraan bermotor selama acara CicLAvia di Culver City, Los Angeles, Minggu (3/3). Di Los Angeles, car free day disebut juga CicLAvia dan pertama kali diadakan pada 10 Oktober 2010. (Chris Delmas/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertama dalam Sejarah, Inggris Buka Penjara Khusus Transgender

Posted: 03 Mar 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, London - Kementerian Kehakiman Inggris mengumumkan dibukanya penjara pertama untuk transgender, mulai pekan ini. Tahanan transpuan yang telah mendapatkan Sertifikat Pengakuan Gender akan ditempatkan di sel khusus di Her Majesty Prison (HMP) Downview, Kota Sutton, London.

Dalam pekan ini, sel khusus transgender akan mulai dihuni oleh tiga orang laki-laki yang telah mengubah gendernya, sebagaimana dikutip dari BBC News pada Senin (4/3/2019).

Otoritas kementerian mengatakan bahwa "keamanan tahanan merupakan konsen terbesar mereka". Di samping itu, kebijakan baru dinilai oleh analis sebagai bukti kepedulian terhadap hak-hak kaum transgender.

Hal itu mengingat jumlah tahanan transpuan cukup banyak di Inggris. Pada Agustus 2018, data dari BBC Reality Check menunjukkan bahwa terdapat 125 tahanan transgender di Negara Bagian England dan Wales, serta 17 di Skotlandia.

Penjara HMP Downview sendiri adalah tahanan perempuan sejak 2001. Sekitar tahun 2013-2014, penjara itu ditutup untuk perbaikan. Hingga akhirnya, pada 2016 HMP Downview dibuka kembali dengan kapasitas 355 penghuni.

Saat ini, sel khusus transgender akan menempati salah satu bilik di HMP Downview.

Terkait keamanan, otoritas Inggris menjamin bahwa para narapidana transgender tidak akan memiliki akses kepada narapidana perempuan.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Alasan Dibukanya Penjara Khusus Transgender

Ilustrasi Penjara

Kebijakan pembangunan penjara khusus transgender dilatarbelakangi oleh kasus transpuan bernama Karen White beberapa waktu lalu.

Transpuan tersebut didapati melakukan kasus kekerasan seksual terhadap dua orang narapidana perempuan di penjara New Hall di Kota Wakefield.

White sendiri sempat dianggap sebagai "predator" yang membahayakan nasib perempuan dan anak di dalam sel.

Beberapa waktu lalu, kementerian mendengarnya menggunakan "karakter waria" yang manipulatif, untuk melakukan kontak dengan perempuan lemah di dalam sel. Akibat tindakannya tersebut, White telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Kebijakan tahanan transgender dianggap sebagai solusi, di mana juru bicara Kementerian Kehakiman Inggris menganggapnya sebagai upaya "mengelola risiko yang ditimbulkan oleh masing-masing pelaku". Baik transpuan yang membahayakan narapidana wanita, ataupun sebaliknya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mikha Tambayong Minta Ibunya Dimakamkan Besok

Posted: 03 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ibunda Mikha Tambayong meninggal dunia setelah menjalani perawatan intensif karena penyakit autoimmune di Rumah Sakit Premier Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (3/3/2019)‎.

Kini, jenazah ibunda Mikha Tambayong tengah disemayamkan di rumah duka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Rencananya, jenazah ibunda Mikha Tambayong akan dimakamkan pada Selasa (5/3/2019).

"Selasa (dimakamkannya) ‎di TPU Menteng Pulo, Jakarta. Untuk waktunya nanti di-update karena belum ditentukan," ujar Putri Cahyadi, kakak sepupu Mikha Tambayong ditemui di rumah duka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (3/3/2019).

Dimakamkan Selasa

Mikha Tambayong ikut hadir di Vidio Fair 2.0.

Putri mengatakan, ibunda Mikha akan dimakamkan Selasa atas permintaan Mikha Tambayong sendiri. Sebab, ia masih menunggu ayahnya yang sedang bekerja di luar negeri tiba di Indonesia.

"Itu sebenarnya atas kemauan Mikha dan ayahnya, biar bersama-sama sebelum pemakaman. Kan Mikha anak tunggal," kata Putri.

Tempat Terbaik

(Muhammad Akrom Sukarya/Kapan Lagi)

Sebagai keluarga, Putri meminta doa agar ibunda Mikha Tambayong diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Selain itu, Mikha Tambayong diberikan kekuatan, kesabaran, dan keikhlasan atas kepergian sang ibunda.

"Mohon doanya ya semoga dikuatkan dan diberikan tempat terbaik,"kata Putri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Makanan Tradisional Jawa yang Wajib Kamu Coba, Dijamin Bikin Kangen

Posted: 03 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Masakan Indonesia adalah salah satu tradisi kuliner yang paling kaya di dunia. Kuliner Indonesia penuh dengan cita rasa yang kuat kekayaan jenis masakannya. Hal itu tak lepas dari cermin keberagaman budaya dan tradisi nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau. 

Hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah salah satunya adalah makanan tradisional Jawa. Saat ini banyak sekali beragam makanan tradisional Jawa yang bisa kamu nikmati.

Makanan tradisional Jawa disini yang dibahas saat ini hanya meliputi Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Berikut liputan6.com rangkum tentang makanan tradisional Jawa yang bisa kamu nikmati, Senin (4/3/2019).

Nasi liwet dan Oseng mercon

1. Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan tradisional Jawa yang khas dari kota Solo serta merupakan kuliner asli daerah Baki, Kabupaten Sukoharjo. Nasi liwet adalah nasi gurih yang dimasak dengan kelapa serta mirip nasi uduk.

Kemudian disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam serta tambahan daging ayam dipotong kecil-kecil dan areh yaitu semacam bubur gurih dari kelapa.

2. Oseng-oseng Mercon

Dari namanya saja sudah dibayangkan kalau oseng-oseng Mercon memiliki rasa khas yang sangat pedas. Kenapa disebut mercon? Karena saat kamu menyantap makanan tradisional Jawa ini, perut dan lidah kamu akan terasa seperti meledak-ledak karena sensasi pedas yang disuguhkan.

Salah satu penjual Oseng-oseng Mercon yang sudah dikenal luas adalah Oseng-oseng Mercon Bu Hadi yang menjadi menu favorit para pecinta makanan pedas di Yogyakarta.

Yang menarik, makanan ini awalnya tercipta dari sisa daging sapi yang memang tidak digunakan untuk memasak.

Rujak Cingur dan Lontong Balap

Warung Soto Surabaya di Yogyakarta hadirkan menu rujak cingur yang sangat lezat.

3. Rujak Cingur

Rujak umumnya dikenal sebagai kuliner buah-buahan yang disiram bumbu kacang. Namun, beda dengan rujak cingur khas Surabaya, Jawa Timur yang sudah melegenda. Seperti namanya, rujak cingur merupakan makanan tradisional Jawa yang menggunakan irisan cingur (potongan hidung sapi) yang sudah direbus.

Lalu ditambah potongan tahu, tempe goreng, kangkung, taoge, bengkuang, mangga muda dan mentimun yang disiram bumbu rujak. Bagi kamu yang kurang menyukai masakan pedas biasanya hanya minta 1-2 buah cabe rawit saat memesan rujak cingur. Tapi kalau kamu penyuka berat masakan pedas dan sudah 'profesional' dalam hal makanan pedas, bisa minta 10-20 cabai rawit.

4.  Lontong Balap

Makanan tradisional Jawa selanjutnya adalah lontong balap. Lontong Balap merupakan makanan tradisional khas Surabaya. Lontong balap berisikan lontong yang diiris-iris dan di atas irisan lontong tersebut ditumpangi irisan tahu dan remasan beberapa lentho, kemudian di atasnya dituangin kecambah setengah matang.

Makanan ini dihidangkan dengan pasangannya yaitu sate kerang.

Dibilang 'Balap' karena cerita yang pernah ada bahwa pada zaman dahulu para penjual lontong berebut pembeli yang berada di jalan maupun yang berada di pasar.

Sehingga para penjual lontong ini terkesan balapan untuk mencapai tujuannya yaitu pos terakhir pasar Wonokromo, maka dengan kejadian inilah terkenal dengan istilah lontong balap.

Rawon dan Gudeg

5. Rawon

Makanan tradisional Jawa selanjutnya adalah Rawon. Masakan ini ciri khasnya memiliki kuah warna hitam, rawon adalah sup daging dengan kuah yang berwana hitam sebagai bumbu khas yang menggunakan kluwek.

Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain.

Rawon Pasuruan merupakan salah satu rawon yang sangat terkenal berkat rasa rawon yang sangat khas.

Masakan bernama Rawon ini biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, kerupuk dan bawang goreng. Akan tetapi jangan lupa untuk menambahkan sayuran, tauge, daging sapi dan juga potongan telur.

Rasa penasaran kamu tentang masakan Jawa Timur yang satu ini akan terjawab dengan puas setelah mencobanya sendiri.

6. Gudeg

Kuliner yang paling terkenal di Yogyakarta adalah gudeg. Bahkan makanan tradisional Jawa yang berasa manis ini telah menjadi salah satu ikon Yogyakarta, hingga disebut sebagai Kota Gudeg. Makanan tradisional Jawa ini dipelopori oleh Ibu Slamet, Ibu Djum dan Ibu Lies. gudeg sudah menjadi makanan kesukaan rakyat Yogyakarta. Bahkan sekitar tahun 1956, gudeg mulai banyak dijual sebagai simbol makanan rakyat.

Makanan tradisional Jawa ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Nasi Gandul

7. Nasi Gandul

Nasi gandul merupakan makanan tradisional Jawa yang berasal dari daerah Pati, Jawa Tengah.

Nasi Gandul sendiri merupakan nasi yang disiram dengan kuah bersantan yang mirip dengan kuah semur, dan diberi lauk seperti daging, babat, kulit, tempe goreng, perkedel, telur bacem ataupun lidah sapi. Rasa dari nasi gandul sedikit manis, namun juga masih terdapat unsur asin di dalamnya.

Dinamakan nasi gandul karena pada awalnya penjual masakan ini membawa barang dagangannya dengan cara dipanggul dengan menggunakan bambu yang di ujung-ujung bambunya diikatkan bakul nasi pada satu sisi dan kuali tempat kuah pada sisi yang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tiga Pendaki Tampomas Tewas dalam Tenda

Posted: 03 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tiga remaja ditemukan terbujur kaku di dalam tenda di kawasan gunung Tampomas. Ketiganya diduga meninggal akibat kedinginan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: Persita vs Persela di Indosiar

Posted: 03 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Malang - Persita Tangerang akan berhadapan dengan Persela Lamongan di partai perdana grup E Piala Presiden 2019. Laga ini akan berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Senin (4/3/2019) dan disiarkan Indosiar.

Selain kedua tim, ada Arema dan Barito Putera yang juga menghuni grup E Piala Presiden 2019. Persita pun menjadi satu-satunya tim Liga 2 di grup ini.

Namun demikian, Pendekar Cisadane -julukan Persita- bukan berarti bisa dianggap remeh.

Di sisi Persela, mereka akan tampil tanpa komando pelatih Aji Santoso. Aji diketahui saat ini sedang mengambil lisensi kepelatihan AFC Pro.

Live streaming Persita vs Persela di Piala Presiden 2019 akan dimulai pukul 15:30 WIB di Indosiar. Dapatkan link live streaming Persita vs Persela di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persita vs Persela, silakan klik di sini.

Prediksi Susunan Pemain

Persita Tangerang (4-4-2): Anas Fitranto (kiper); Muhammad Toha, M. Robby, Rio Ramandika, Jecky Arisandi (belakang), Ade Jantra, Marzukih, Egi Melgiansyah, Zikri Akbar (tengah); Kito Chandra, Diego Banowo (depan).

Pelatih: Widodo Cahyono Putro

Persela Lamongan (4-3-3): Dwi Kuswanto (kiper); Birrul Walidain, Jairo Rodrigues, Arif Satria, Eky Taufik (belakang); Kei Hirose, Jose Augusto, Lucky Wahyu (tengah); Fahmi Ayyubi, Washington Brandao, Jefri Kurniawan (depan).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bertemu SBY, Jusuf Kalla Doakan Kesembuhan Ani Yudhoyono

Posted: 03 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wapres Jusuf Kalla menjenguk mantan Ibu negara Ani Yudhoyono di Singapura. Dalam pertemuan dengan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono Wapres mendoakan kesembuhan mantan ibu negara tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei Pilpres 2019 Terbaru, Berapa Selisih Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo?

Posted: 03 Mar 2019 09:21 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Calon Presiden (Capres) Joko Widodo dan Prabowo Subianto terus berusaha meraih simpati rakyat Indonesia jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 17 April 2019. Perlahan tapi pasti, keduanya terus berlomba menggenjot tingkat keterpilihannya atau elektabilitas.

Beberapa lembaga survei pun mengeluarkan hasil survei jelang 43 hari masa pencoblosan Pilpres 2019. Survei ini dilakukan dalam jangka waktu baru-baru ini. Lalu, berapa elektabilitas Jokowi vs Prabowo?

1. Survei Median

Media Survei Nasional (Median) merilis hasil survei elektabilitas dua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden yang bertarung di Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih 47,9 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga 38,7 persen. Jarak antarkedua pasangan ini hanya sekitar 9,2 persen.

Pada survei November 2018 lalu, suara Jokowi-Ma'ruf 47,7 persen. Jika dibandingkan sekarang, hanya naik 0,2 persen. Sedangkan Prabowo-Sandiaga di November 2019, 35,5 persen atau naik 3,7 persen dari survei terbaru.

Survei dilakukan 6-15 Januari 2019 dengan 1.500 responden yang tersebar di semua provinsi. Margin of error +- 2,5 persen.

Metodologi survei Pilpres 2019 yang digunakan adalah multistage random sampling dan proporsional.

 

2. Survei Cyrus Network

Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto memeluk atlet pencak silat Hanifan Yudani di Jakarta, Rabu (29/8). (ANTARA FOTO/Kumparan/INASGOC/Aditia Noviansyah/pras/18)

Lembaga Survei Cyrus Network merilis hasil survei elektabilitas antara pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Dalam simulasi surat suara, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf 57,5 persen dan Prabowo-Sandi 37,2 persen. Responden yang belum memutuskan 3,7 persen dan yang tidak menjawab 1,6 persen. Selisihnya 20,3 persen.

Sementara itu, sebanyak 77,5 persen responden telah menetapkan pilihannya dalam Pemilu 2019. Hal tersebut terdiri dari 47,8 persen pemilih tetap Jokowi dan 29,7 persen pemilih tetap Prabowo. Hasan mengatakan, hal ini membuat tingkat kepastian pemilih memilih Jokowi lebih tinggi dibanding Prabowo.

Survei dilakukan pada 18 Januari hingga 23 Januari 2019, atau tepatnya usai penyelenggaraan debat perdana pada 17 Januari. Survei dilakukan menggunakan sistem multistage random sampling dan menggunakan wawancara tatap muka.

Jumlah responden yang dilibatkan 1.230 orang di 34 provinsi. Margin of error survei +/- 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

3. Survei CRC

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk naik kuda di kediamannya di Hambalang, Bogor, Senin (31/10). Jokowi dan Prabowo usai melakukan pertemuan tertutup selama hampir 2 jam. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Lembaga survei Celebes Research Center (CRC) mengatakan elektabilitas Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin masih unggul dibandingkan dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin mencapai 56,1 persen, pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 31,7 persen, dan yang tidak tahu atau tidak menjawab 12,2 persen. Selisih keduanya cukup jauh, 24,4 persen.

Survei dilakukan pada 23-31 Januari 2019, dengan 1.200 responden. Dengan metode penarikan sampel multistage random sampling dan memiliki toleransi kesalahan dugaan +/- 2,83 persen pada selang kepercayaan 95.0 persen.

 

4. Survei LSI

Kunjungan balasan Prabowo ke Istana Merdeka, Kamis (17/11/2016)

Lembaga penelitian Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei yang dilakukan 18-25 Januari 2019, salah satunya tentang pengaruh elektabilitas capres- cawapres, seusai debat perdana 17 Januari 2019 lalu.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf masih unggul dibandingkan Prabowo-Sandiaga. Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 54,8 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 31,0 persen.

Adapun yang masih belum memutuskan, atau rahasia, maupun tidak tahu dan tidak jawab, sebesar 14,2 persen.

Perbedaan keduanya mencapai 23,8 persen. Pascadebat kenaikan elektabilitas masing-masing paslon tidak signifikan. Jokowi-Ma'ruf naik 0,6 persen dan Prabowo-Sandiaga naik 0,4 persen.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah 1.200 responden. Prosesnya menggunakan wawancara tatap muka dengan kuesioner, dan margin of errornya -/+ 2,8 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dirumorkan Konflik dengan Agensi, Kang Daniel Bikin Akun Instagram Baru

Posted: 03 Mar 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Seoul - Baru-baru ini, beredar rumor bahwa Kang Daniel hendak memutuskan kontrak dengan agensinya, LM Entertainment. Melihat isu ini kian merembet ke mana-mana, mantan center Wanna One ini langsung memberikan klarifikasinya.

Lewat fancafe resminya pada Minggu (3/3/2019), Kang Daniel mengatakan bahwa akun Instagram miliknya, @thisisdaniel_k, ditahan oleh agensinya. Di lain pihak, ia 'menghilang' dari muka publik selama beberapa minggu. Penggemar tentu bertanya-tanya, apalagi ia dikabarkan akan debut pada April mendatang.

Tak ingin penggemar khawatir, Kang Daniel berniat memberikan kabar terbaru mengenai dirinya lewat media sosial, tapi hal ini ditolak oleh agensi.

"Aku menunggu manajemen untuk menyerahkan akun ini secara sukarela kepadaku, tapi manajemen menolak permintaan ini. Dan hari ini artikel mengenai konflik antara kami muncul," tulis Kang Daniel.

Sebagai informasi, akun Instagram miliknya ini adalah pemegang Guiness World Records, sebagai akun Instagram tercepat yang meraih 1 juta followers.

Kang Daniel (Instagram/ daniel.k.here - https://www.instagram.com/p/Bukgw5glLsP/)

Unggahan Pertama

Kang Daniel (Instagram/ daniel.k.here - https://www.instagram.com/p/Bukg0zpFE5M/

Kang Daniel pun akhirnya memutuskan untuk membuat akun Instagram baru, @daniel.k.here pada hari ini, Senin (4/3/2019).

"Halo, lama tak bertemu," tulis pria kelahiran 10 Desember 1996 ini di unggahan pertamanya.

Gangguan?

Kang Daniel (Instagram/ daniel.k.here - https://www.instagram.com/p/BukgzTVlwYN/)

Bisa ditebak, penggemar pun berbondong-bondong hendak mem-follow Kang Daniel. Hanya saja banyak penggemar melaporkan bahwa mereka tak bisa melakukannya. Mereka tak juga menjadi pengikut akun ini meski telah mengklik tombol follow.

"Instagram why," tutur @kingpeach1210 di Twitter.

"I cant follow daniel's new instagram WHYYYYYY," tutur @saneldalova.

"Tolong dibetulkan @instagram, karena banyak orang tak bisa mengikuti @/daniel.k.here," cuit @danieloveme_

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Longsor Tutup Jalan Penghubung di Bandung Barat Selama 2 Jam

Posted: 03 Mar 2019 09:17 PM PST

Fokus, Bandung Barat - Longsoran dari tebing setinggi 10 meter menutupi hampir sebagian Jalan Desa Rancapanggung, Kecamatan Cililin, Bandung Barat, Jawa Barat.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (4/3/2019), akibat longsor, akses jalan kabupaten yang menghubungkan wilayah Sindangkerta dengan Cililin ini sempat tertutup lebih dari 2 jam.

Dibantu warga setempat, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD, anggota TNI serta polisi bahu membahu berupaya menyingkirkan material tumpukan tanah dengan alat seadanya. Saat ini sebagian material longsor sudah bisa disingkirkan dan jalan sudah bisa dialui.

Sementara itu di tempat lain, masih dalam wilayah Rancapanggung, sejumlah rumah warga rusak akibat pergerakan tanah. Setidaknya ada delapan rumah rusak berat. Sebagian pemilik rumah akhirnya terpaksa merobohkan sendiri beberapa bangunan yang retak karena khawatir akan ambruk dan menimbulkan korban.

Sebagian besar rumah warga yang rusak merupakan bangunan permanen. Kondisi jalan dan tanah juga terbelah. Tersumbatnya sejumlah saluran air dan alih fungsi lahan diduga menjadi penyebab pergerakan tanah.

BPBD Bandung Barat mengingatkan warga untuk selalu waspada. Apalagi wilayah Bandung Barat bagian selatan termasuk Cililin merupakan zona merah atau rawan longsor dan pergerakan tanah. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harapan Pengusaha Terhadap Kerjasama Perdagangan Bebas RI-Australia

Posted: 03 Mar 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menyambut baik perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif antara Pemerintah Indonesia dan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Dengan perjanjian ini diharapkan mampu meningkatkan investasi kedua negara.

Ketua Umum Kadin, Rosan P Roeslani mengatakan, bagi Indonesia penting menjadikan perjanjian ini sebagai alat guna mendorong ekonomi lebih besar lagi. Sebab, dalam IA-CEPA kerja sama antara Indonesia-Australia tidak hanya untuk meningkatkan perdagangan bilateral saja, tetapi membuka investasi di beberapa bidang.

"Dengan adanya potensi perdagangan dua negara yang besar maka sangat penting bagi Indonesia untuk segera melakukan proses reformasi ekonomi sebagai bagian dari komitmen IA-CEPA," kata Rosan usai penandatangan IA-CEPA di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin, Bidang Hubungan International, Shinta Kamdani menambahkan, perjanjian ekonomi ini ditujukan untuk menciptakan hubungan perdagangan investasi yang lebih besar serta mendukung satu sama lain dalam berkompetisi dengan negara lain.

"Adanya revolusi rantai nilai global memaksa kita untuk maju bersama-sama, bukan sendiri-sendiri. IA-CEPA itu bukan hanya sekedar mengenai saat ini, tapi bagaimana kita melihat tantangan ekonomi dunia jauh ke depan," katanya.

Lebih lanjut, Shinta menambahkan, bagi Kadin penting untuk secara asertif memaksimalkan utilisasi perjanjian IA-CEPA ini. Misalnya dengan membuat tranding house khusus, desk informasi pemanfaatan IA-CEPA khususnya untuk memfasilitasi para pengusaha atau peningkatan misi dagang ke Australia.

Seperti diketahui, sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi menandatangani perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA).

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Sepakat, Indonesia-Australia Teken Perjanjian Perdagangan Bebas

Indonesia-Australia CEPA Signing Ceremony and Business Forum (Foto: Merdeka.com/Dwi Aditya Putra)

Kementerian Perdagangan (Kemendag) resmi teken perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif dengan Australia atau Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA) di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Perjanjian ini ditandatangani langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi Australia Simon Birmingham serta disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, penandatangan perjanjian IA-CEPA ini mencerminkan tingkat keterlibatan yang lebih dalam hubungan ekonomi yang sudah terjalin lama antara Indonesia dan Australia.

Ini juga bertujuan untuk kemitraan ekonomi yang lebih komprehensif, berkualitas tinggi dan saling menguntungkan antara Indonesia dan Australia yang mencakup perdagangan barang.

"Perjanjian ini akan menghilangkan 100 persen tarif Australia, sedangkan 94 persen tarif Indonesia akan dihapuskan secara bertahap," kata Enggartiasto dalam sambutannya.

Seperti diketahui, negosiasi pertama kali diluncurkan pada akhir 2010 dan ditunda dari November 2013 hingga diaktifkan kembali pada Maret 2016.

Dengan menyelesaikan 12 putaran negosiasi, dan sejumlah pertemuan Kepala Negosiator selama proses negosiasi yang berlangsung hampir sembilan tahun, Indonesia dan Australia menyatakan pada 31 Agustus 2018 negosiasi telah secara substansial selesai. Akhirnya, perjanjian ditandatangani pada Senin 4 Maret 2019.

"Dalam dua setengah tahun terakhir kita sepakati perjalanan ini karena pada dasarnya perjanjian ini akan sangat bermanfaat bagi kedua negara. Banyak hal termasuk kita akan mendapatkan kelebihan dari aspek pendidikan dan berbagai hal yang lain. Jadi satu hal yang bersejarah bagi Indonesia dan Australia," ujar Enggartiasto.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menunggu Janji Anies Baswedan Lepas Saham Perusahaan Bir

Posted: 03 Mar 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta diketahui memiliki saham di PT Delta Djakarta Tbk (DLTA), salah satu produsen bir. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pernah berjanji akan melepaskan saham perusahaan PT Delta Jakarta, hingga saat ini rencananya masih belum terealisasi.

Janji untuk menjual saham PT Delta ini diungkapkan Anies-Sandi saat maju Pilgub Jakarta. Pada April 2018, pasangan Gubernur DKI Jakarta sudah sepakat dan sudah memulai proses penjualan kepemilikan saham tersebut. Namun, hingga kini saham masih belum resmi dijual.

Menurut Kepala Riset PT Koneksi Kapital Alfred Nainggolan, peran Pemprov DKI Jakarta sebagai pemegang saham tentunya menjadi nilai tambah bagi Delta Djakarta. Jika saham ini berhasil dilepas, maka nilai tambah perusahaan akan hilang.

Sebaliknya, jika berhasil menjual saham PT Delta Djakarta, pihak Pemprov akan mendapatkan dana segar. Namun, jika benar-benar terealisasi, belum ada kepastian apakah Pemprov DKI bisa mendapatkan potensi bisnis menarik seperti Delta Djakarta untuk menggantikannya.

Besar Saham yang Akan Dijual

Terkait penjualan saham, Komisaris Utama PT Delta Djakarta Tbk, Sarman Simanjorang, memastikan Pemprov DKI Jakarta tidak menambah kepemilikan saham di PT Delta Djakarta.

"Saya sebagai Komisaris Utama mewakili Pemprov DKI Jakarta memastikan tidak ada penambahan saham di Delta Djakarta. Saham Pemprov DKI Jakarta di Delta Jakarta sebesar 26,25 persen yang dimiliki atas dua institusi, yaitu Pemprov DKI Jakarta dan Badan Pengelolaan Investasi Penyertaan Modal DKI Jakarta (BPI PM)," ujar Sarman saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu, 2 Maret 2019.

BPI PM DKI Jakarta merupakan salah satu dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Saat ini BPI PM sudah dibubarkan, sehingga membuat kepemilikan saham di PT Delta Djakarta Tbk hanya satu entitas nama. Sarman menuturkan, langkah penggabungan kepemilikan saham PT Delta Djakarta Tbk itu bagian proses untuk melepas saham.

Sebelumnya, mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis 28 Februari 2019, kepemilikan saham Delta Djakarta oleh Pemprov DKI Jakarta menjadi 210,20 juta saham atau setara 26,25 persen pada 25 Februari 2019. Jadi kepemilikan saham PT Delta Djakarta Tbk oleh Pemprov DKI Jakarta meningkat 23,35 juta saham.

 

Pelepasan Saham Masih Berproses

Penggunaan Dana Hasil Penjualan Saham

Anies Baswedan semakin yakin melepas 26,25 persen saham Pemprov pada PT Delta Djakarta. Hingga kini proses pelepasan saham masih terus berjalan sesuai ketentuan. Berbagai kajian telah dilakukan untuk segera merampungkan rencana pelepasan saham tersebut.

"Delta kita sedang kajian untuk kita akan lepas, tapi prosesnya masih kajian. Mudah-mudahan Maret sudah selesai," kata Anies saat ditemui di Kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.

Terkait penjualan saham ini, Anies mengaku sudah banyak tawaran investor yang ingin masuk ke perusahaan minuman beralkohol itu. Namun, hal tersebut bukan menjadi fokusnya saat ini. Ia ingin proses pelepasan saham lebih utama agar dapat berjalan lebih dulu.

"(Udah ada investor?) Kalau yang berminat banyak, tapi prosesnya kan tidak sederhana. Harus dengan Dewan dan lain-lain," katanya.

Pelepasan saham PT Delta Djakarta akan menghasilkan deviden yang besar. Nantinya dana ini akan dialokasikan untuk membuka lapangan pekerjaan, meningkatkan kualitas dan akses pendidikan, pelayanan kesehatan, dan sebagainya.

"Kita akan memanfaatkan dana yang nanti didapat dari penjualan saham ini untuk pembangunan, karena rata-rata deviden yang didapatkan Pemprov itu sekitar Rp 38 miliar per tahun rata-ratanya. Kita yakin bahwa penjualan 26,25 persen ini menghasilkan tambahan pemasukan lebih dari Rp 1 triliun," paparnya.

 

(Liputan6.com/Dewi Larasati)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi keterangan terkait pengambilalihan pengelolaan air, Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (11/2). Pemprov DKI akan mengambil alih pengelolaan air dari PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi Hadiri Festival Sarung Indonesia

Posted: 03 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri Sarung Fest atau festival sarung Indonesia 2019 di Gelora Bung Karno (GBK).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kata Lucu Gokil di Belakang Becak ini Bikin Geleng-Geleng

Posted: 03 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia siapa yang tak kenal becak. Moda transportasi di Indonesia ini sudah hadir sejak dahulu kala dan masih ditemui hingga saat ini. seiring berkembangnya zaman, becak juga mengalami berbagai perubahan.

Saat ini sudah banyak ditemui becak yang dioperasikan dengan mesin. Namun tak jarang pula masih ditemui becak yang dikayuh di beberapa daerah.

Seiring perkembangan zaman pula membuat becak mulai tergantikan kehadiriannya. Hadirnya kendaraan bermotor membuat banyak orang lebih memilihnya dibanding dengan becak karena alasan efisiensi waktu.

Namun, banyak juga yang masih menggunakan becak sebagai sarana transportasi. Seperti berwisata ke sebuah daerah, mengangkut barang, atau bepergian dengan jarak dekat.

Becak juga semakin menarik dengan sentuhan kreativitas para pemilik becak itu sendiri. Kreativitas itu sendiri biasa ditunjukkan melalui kata lucu gokil di belakang atau bagian body becak.

Kata-kata lucu gokil ini tak hanya membuat becak makin menarik tapi juga membuat orang yang membacanya tertawa dan geleng-geleng kepala. Selain itu secara tidak langsung, kata-kata yang ditorehkan oleh pemilik becak ini juga menjadi tempat curahan hati para pengemudi becak lho!

Nah berikut kata-kata lucu gokil yang ada di belakang becak dilansir Liputan6.com dari Brilio, Senin (4/3/2019)

1. Becak Juga bisa Online dengan Beol Kecirit

(sumber: brilio)

Jangan berpikiran jorok dan jijik dulu ya, kata Beol Kecirit ini ternyata sebuah singkatan dari Becak Online Kencang, Cepat, Irit.

Pemilik becak yang diketahui berada di daerah Sumatera Utara ini rupanya cukup mengikuti perkembangan zaman. Adanya transportasi online yang makin diminati masyarakat, makin membuat becak tergeser eksistensinya.

Namun rupanya becak satu ini masih tetap ingin eksis juga dengan embel-embel kata online pada layanannya. Kira-kira becaknya benar bisa dipesan online tidak ya?

2. Kata lucu gokil sekaligus bijak dari pemilik becak satu ini

(sumber: 1CAK)

Becak dari Medan ini juga tak mau kalah lucunya. Tergeserya becak dengan transportasi modern saat ini rupanya membuat pendapatan dari pengayuh becak berkurang. Ini mungkin yang membuat si pemilik becak pariwisata Kota Medan ini menorehkan curhatannya di belakang becak miliknya.

Kalau bertandang ke Kota Medan, jangan lupa naik becaknya ya Anda bisa melihat kapan jam operasionalnya di belakang penutup becak ini.

3. Tanah Gak Punya, Air Kubeli

(sumber: 1CAK)

Kata lucu gokil yang ditemui di belakang becak selanjutnya adalah becak satu ini. Entah apa maksudnya si pemilik becak menuliskan "Tanah Airku Indonesia, Tanah gak punya, Air kubeli" namun kata-kata ini cukup lucu saat Anda membacanya langsung.

Selain itu ada kata lucu gokil lainnya sebagai ajakan untuk naik becak saja dari pada jalan kaki. Hal ini dilihat dari kata-kata "hari gini jalan kaki, hi hi hi hi.."

Dan tak lupa si pemilik becak menorehkan slogannya yaitu "Dijalani, Dinikmati, Disyukuri, Hati-Hati". Sebuah slogan bijak yang perlu Anda tahu dalam menjalani kehidupan.

4. Kata lucu gokil sekaligus bisa jadi doa

(sumber: 1CAK)

Kreativitas memang tanpa batas. Seperti yang ditorehkan pengayuh becak satu ini. ia menghiasi bagian belakang becaknya dengan kata-kata lucu gokil dengan kombinasi antara bahasa Indonesia dan Inggris. Kata-katanya cukup lucu namun mengandung doa dari sang pengayuh becak itu sendiri.

Inti dari kata-katanya kurang lebih adalah seperti ini "Ya Tuhan, aku adalah hamba Mu, tolong bantu aku, aku ingin rezeki nomplok" namun kata-katanya ditulis dengan bahasa Inggris yang seadanya dan membuat siapapun yang membacanya akan senyum-senyum sendiri. Sungguh kreatif!

5. Becak Khusus Jomblo

(sumber: 1CAK)

Mungkin bagi Anda para jomblo sangat cocok untuk menggunakan transportasi satu ini. dibelakang becaknya, ada satu kata lucu gokil yang sudah merepresentasikan keadaan Anda saat ini yaitu 'jomblo'. Sepertinya becak ini hanya cukup buat satu orang saja ya, karena memang jomblo.

Mungkin yang tertulis pada belakang becak ini hanya satu kata. Tapi sudah menjelaskan semuanya, ya.

6. Becak yang Ngegas Tanpa Rem

(sumber: 1CAK)

Siapa bilang jika naik becak tidak efisien karena lama dan buang-buang waktu. Pemilik becak ini menawarkan kecepatan becaknya yang full speed dan full gas lho!

Tapi ngeri juga kalau harus sampai no rem. Jangan lupa berdoa sebelum naik becak ini ya. Ada-ada saja kelakuan pemilik becak saat ini.

7. Dua anak cukup dua istri bangkrut

(sumber: brilio)

Mungkin ini adalah salah satu curhatan dari pengemudi becak. "dua anak cukup, dua istri bangkrut" seperti itulah yang terpampang di bagian belakang sebuah becak. Jika satu istri dengan dua orang anak saja sudah jungkir balik untuk menafkahi, bagaimana dengan dua istri dan lebih banyak anak lagi?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: