Rabu, 27 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


YLKI Minta Pemerintah Ubah Regulasi buat Turunkan Harga Tiket Pesawat

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah mendesak maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia untuk menurunkan harga tiket pesawat hingga dan paling lambat per awal April 2019 ini.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan ultimatum pemerintah tidak tepat sasaran.

Kata dia, pemerintah justru sebaiknya mengubah regulasi tiket pesawat terlebih dahulu agar ada ketetapan yang jelas terkait persoalan tarif, terutama tarif batas atas.

"Itu ultimatum yang aneh dan salah sasaran. Kenapa di ultimatum karena tidak ada pelanggaran regulasi? Kalau memang pemerintah menghendaki tarif tiket pesawat turun, ya diubah regulasinya dong," tuturnya kepada Liputan6.com, Kamis (28/3/2019).

Dia menjelaskan, yang paling penting ialah regulasi atau peraturan yang memayungi maskapai agar tertib mematok harga tiket pesawat kepada masyarakat.

"Ultimatum itu menunjukkan pemerintah tak mampu mengatasi masalah yang sebenarnya. Kalau memang pemerintah ingin melindungi masyarakat agar tarif pesawat turun, maka ubah dulu regulasinya, khususnya terkait ketentuan batas atas, berani tidak pemerintah melakukan itu? jika tidak berani dan tidak dilakukan, maka ultimatum itu hanya demi populis belakan," pungkasnya.

Turunkan Harga Tiket Pesawat, Kemenhub Susun Aturan Baru

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menggodok aturan baru terkait tarif pesawat.

Demikian disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hengki Angkasawan.

"Saat ini masih disusun oleh Biro Hukum Kemenhub bersama dengan jajaran Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub. Kami belum bisa menjelaskan secara detail karena masih dalam proses penyusunan," ujar Hengki, Kamis (28/3/2019).

Hengki menambahkan, aturan yang tengah dalam tahap finalisasi ini disusun dengan melibatkan pihak masakapai dan setelah tercapai kesepahaman dengan pihak maskapai. 

Aturan ini diharapkan dapat mengatasi masalah tarif atau harga tiket pesawat yang banyak dikeluhkan masyarakat.

"Tentunya dalam membuat regulasi, Pemerintah berada di tengah-tengah antara kepentingan masyarakat banyak dengan keberlangsungan industri penerbangan nasional," ungkap Hengki. 

Lebih lanjut Hengki mengungkapkan, akan segera mengumumkan aturan baru ini setelah proses penyusunan aturan tersebut selesai dilakukan.

"Kami akan segera rilis aturan tersebut dalam waktu dekat ini," pungkasnya. (Yas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: Persija vs Kalteng Putra di Indosiar

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menjamu Kalteng Putra di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (28/3/2019) pada babak delapan besar Piala Presiden 2019.

Di laga ini, Kalteng Putra punya ambisi mengalahkan Persija, yang berstatus sebagai juara Piala Presiden edisi sebelumnya. Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira, menyebut Persija sebagai lawan yang istimewa.

Tim ibu kota dinilainya punya faktor pendukung super lengkap. Kolaborasi materi pemain yang mumpuni dengan pendukung yang loyal membuat Persija diunggulkan.

"Saya bangga berada di sini untuk pertandingan melawan Persija karena kami tidak lebih baik dari Persija. Mereka tim juara, dengan dukungan suporter yang istimewa," ujar Gomes.

Untungnya, Macan Kemayoran, sebutan Persija mendapat kabar bagus. Persija akan diperkuat empat pemain tim nasional. Tiga dari empat pemain itu merupakan skuat Timnas Indonesia, yakni Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan. Satu pemain lainnya adalah Rohit Chand yang membela Timnas Nepal.

Live streaming Persija vs Kalteng Putra di Piala Presiden 2019 dimulai pukul 16:00 WIB dan disiarkan langsung Indosiar. Dapatkan link live streaming Persija vs Kalteng Putra di halaman selanjutnya.

 

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persija vs Kalteng Putra, silakan klik di sini...

 

Perkiraan Susunan Pemain

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (K); Ismed Sofyan, Steven Paulle, Ryuji Utomo, Dany Saputra (B); Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu, Bruno Matos (T); Heri Susanto, Riko Simanjuntak, Silvio Escobar (D)

Pelatih: Ivan Kolev

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih (K); Bobby Satria, O.K. John, Rafael Jesus, Wasyiat Hasbullah (B); Fajar Handika, Yu Hyun-koo, Gede Sukadana (T); Diogo Campos, Feri Pahabol, Patrich Wanggai (D)

Pelatih: Gomes de Oliveira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TN Komodo Darurat Pengawasan, Gubernur NTT Minta Pengalihan Wewenang

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Polda Jawa Timur berhasil mengungkap kasus pencurian dan penyelundupan 41 ekor komodo hingga ke Singapura. Komodo itu dijual dengan harga fantastis hingga mencapai Rp 500 juta pe rekor.

Kejadian itu membuat geram Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Atas kejadian itu, Viktor mendesak Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) secepatnya mengalihkan kewenangan pengelolaan Taman Nasional Komodo, dari Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) ke Pemprov NTT.

"TNK merupakan cagar biosfer yang diakui Unesco, karena itu perlu diawasi serius. Kejadian ini menunjukan ke dunia bahwa Indonesia gagal menjaga TNK. Ini darurat pengawasan, sehingga perlu dibenahi segera," ujar Viktor, Kamis (28/3/2019).

Viktor meminta, dengan kejadian ini, otoritas sepenuhnya segera diserahkan ke Pemprov NTT agar mempermudah ruang gerak pengelolaan dan kontrol terhadap konservasi Taman Nasional Komodo.

"Ini kejahatan konservasi. TNK harus segera diperhatikan maksimal. Semua tindakan pengelolan harus ektra, tidak boleh lagi ada celah," katanya.

Kasus terbakarnya pulau Gili Lawa, penangkapan rusa, pengeboman ikan, perilaku wisatawan asing yang mengeksploitasi Taman Nasional Komodo demi perfilman, menunjukan ke dunia bahwa cagar biosfer yang diakui dunia internasional ini tidak diawasi dengan serius oleh BTNK.

"Untuk pulau Komodo sendiri sudah kita tutup aksesnya bagi wisatawan. Ini untuk kepentingan konservasi," katanya.

 

Investigasi

Viktor meminta Polda NTT segera berkoordinasi dengan Polres Manggarai Barat dan Polda Jawa Timur untuk melakukan insvestigasi pengungkapan kasus pencurian komodo.

"Bila perlu personel Polda NTT ditempatkan di TNK. Kita juga memastikan masyarakat lokal dilibatkan dalam pengawasan dan pengelolaan sehingga masyarakat bisa merasa memiliki," tandasnya.

Terkait dugaan keterlibatan orang dalam, gubernur meminta polisi segera mengungkapnya.

Menurut Viktor, soal pengalihan kewenangan pegelolaan, dirinya mengaku Pemprov NTT sudah beberapa kali menggelar pertemuan dengan kementerian LHK. Saat ini, Pemprov masih menunggu surat resmi sebagai landasan otoritas pengelolaan TNK.

TNK mnjadi empat objek superprioritas pariwisata pemerintah pusat, namun dengan kejadian ini, kinerja pengelolaan BTNK harus segera dievaluasi.

"Menteri LHK harus segera mengevaluasi dan secepatnya alihkan kewenangan ke pemprov NTT, karena kasus ini sudah disoroti dunia internasional," pungkasnya. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maia Estianty Tetap Cantik dengan Gaya Maskulin dan Sepatu Branded Rp 24 Juta

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usia Maia Estianty memang sudah tak lagi bisa dibilang belia. Namun, ibu tiga anak ini selalu tampil modis dan mengikuti tren fashion dengan catatan tetap menyesuaikan usia Maia yang sudah kepala empat.

Ya, istri dari Irwan Mussry ini selalu terlihat cantik dengan cenderung memilih gaya terkesan elegan. Maia memiliki signature sytle berupa busana warna-warna cerah dan bermotif.

Sebut saja kemeja lengan panjang berpadu rok tulle pink dan kemeja putih yang dipadukan dengan celana hijau. Yang terbaru, Maia Estianty kedapatan mengeksplorasi gaya baru terkesan boyish.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Maia ini mengenakan blazer abu-abu dan kemeja putih dipadukan skinny jeans. Di unggahan akun Instagram-nya, @maiaestiantyreal, pada 21 Maret 2019, ibu tiga anak ini berfoto sambil memegang kacamata.

Gaya baru yang diperlihatkan Maia mendapat banyak pujian dari warganet. "Bunda gaya begini kelihatan kayak ABG. Kalah cantik kita mah yang masih ABG," tulis pemilik akun @khairani_din.

Maia juga menuliskan memakai sneakers dari Chanel CC Logo Burgundy Blue Beige Suede Sneaker. Dilansir dari situs resmi Chanel, Rabu, 27 Maret 2019, harga fashion item itu sekitar 1300 pound sterling atau setara Rp 24 juta.

Pilihan sepatu sang musisi sekaligus pengusaha termasuk yang favorit untuk seri ini karena penjualannya dinilai sangat bagus. Maia Estianty juga pernah mengenakan sneakers dengan perpaduan kemeja putih, rompi biru tua, dan celana kulit.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pakai Mukena, Pria Curi Tas Jemaah Saat Salat

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria menyamar dengan memakai mukena dan mencuri tas milik jemaah wanita yang sedang salat. Kejadian ini terekam CCTV, pelaku kemudian kabur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Bareng Gisella Anastasia, Gempita Sebut Panggilan Wijaya Saputra

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kedekatan Gisella Anastasia dengan Wijaya Saputra alias Wijin, sudah bukan rahasia lagi. Bahkan, Gisel belum lama ini memamerkan video ketika putrinya, Gempita, menyebutkan nama panggilan untuk Wijin.

Dalam sebuah video singkat di Instagram Stories, Gisella Anastasia dan Gempita sedang berdua di dalam mobil. Ibu dan anak ini tampak sedang asyik bermain 'ABC lima dasar'.

Setelah menghitung jumlah jari yang disodorkan dengan alfabet, Gisella Anastasia pun mendapatkan huruf J. Huruf tersebut lantas dijadikan inisial nama orang.

"Jeje, Jessica," ujar Gempita dan Gisella Anastasia bersahutan dalam video tersebut. Barulah setelah itu Gempi menyebut sebuah nama panggilan.

Uncle J

Wijaya Saputra (Deki Prayoga/Fimela.com)

"Uncle J!" Gempi menyebutkan.

Diketahui, nama tersebut merupakan panggilan khusus dari Gempita kepada Wijin.

Bahkan, Gisella Anastasia merekam momen tersebut di Instagram Stories sambil me-mention nama akun Wijin, @jaysforeal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Perawatan di Klinik Kecantikan, Lengan Wanita Ini Malah Membusuk

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kalian tentu tahu pepatah 'beauty is pain'. Ya, banyak orang mengatakan untuk menjadi cantik perlu merasakan sakit. Oleh karena itu banyak wanita yang rela melakukan berbagai perawatan tubuh dengan risiko rasa sakit yang harus dialami.

Tapi nyatanya tak semua perawatan kecantikan yang penuh rasa sakit benar-benar membuat kalian lebih menarik. Tak sedikit perawatan tersebut yang justru membawa petaka. Hal ini seperti yang dialami oleh wanita asal Malaysia yang harus merelakan tangannya membusuk lantaran melakukan perawatan di klinik kecantikan.

Dikutip dari World of Buzz, hal ini berawal dari dirinya yang tertarik melakukan perawatan penghilangan lemak di bagian lengannya. Wanita yang tak disebutkan identitasnya ini memilih sebuah klinik aestetik secara online. Dirinya memutuskan untuk menyuntik bagian lengannya untuk "meleburkan" lemak atas saran dokter di klinik tersebut.

Dirinya harus membayar RM 700 atauu sekitar Rp 2,4 Juta untuk suntikan 10ml (5ml untuk satu tangan). Satu bulan kemudian bakteri menyebar di bagian lengan atas yang disuntikkan tersebut. Hal ini mengakibatkan kedua lengannya membengkak dan muncul bisul-bisul kecil. Dia lantas memutuskan untuk kembali ke klinik tempatnya melakukan perawatan dan mulai memecahkan bisul-bisul tersebut tanpa anastesi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Semakin Memburuk

Foto: China Press

Meski begitu, kondisi lengannya tak kian membaik. Dia lantas memutuskan pergi ke pusat pengobatan University Malaya dan harus dirawat 10 hari. Saat ini lengannya dipenuhi dengan luka dan terlihat nampak seperti terbakar di bagian yang disuntik.

Tak terima dengan insiden yang dialami, wanita tersebut melaporkan klinik kecantikan itu ke dewan kesehatan Malaysia (MMC). Nyatanya hanya satu dari empat dokter di sana yang memiliki izin resmi untuk melakukan praktik. Klinik tersebut lantas telah diinvestigasi oleh pihak berwajib.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: MUI Jajal PUBG Bikin Penasaran

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berikut ketiga berita terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Rabu (27/3/2019), dengan MUI yang penasaran menjajal main gim PUBG sebagai berita terpopuler.

1. Heboh soal Fatwa, MUI Jajal Main PUBG

Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki tim khusus untuk meneliti Playerunknown's Battleground (PUBG), menyusul wacana fatwa terhadap gim tersebut. Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, mengaku juga sudah menjajal gim tersebut.

"Kami memiliki tim khusus untuk riset. Saya juga sudah unduh gim itu dan saya juga kan di-bully," ungkap Asrorun di kantor MUI, Selasa (26/3/2019).

Ia menjelaskan, dari riset yang dilakukan, hasilnya akan menjadi masukan untuk tim internal MUI.

Hal ini menjadi salah satu bahan pengkajian untuk memutuskan penilaian terhadap PUBG, apakah nantinya akan ada fatwa haram, perbaikan regulasi, penegakan hukum, atau rekomendasi.

Selengkapnya baca di sini

2. Galaxy A70 Mulai Debut, Punya Layar 6,7 Inci dan 3 Kamera

Seri Galaxy A dari Samsung dipastikan kedatangan anggota baru. Sebab, varian terbaru dari lini kelas menengah Samsung itu resmi diperkenalkan dengan nama Galaxy A70.

Dikutip dari GSM Arena, Rabu (27/3/2019), smartphone ini memiliki layar yang terbilang besar, yakni 6,7 inci dengan rasio aspek 20:9. Seperti biasa, dengan menggunakan layar AMOLED, Galaxy A70 masih mengusung desain Infinity U.

Layar Galaxy A70 harus diakui menjadi salah satu yang terbesar dari deretan smartphone Samsung saat ini. Karenanya, fitur One Handed Navigation juga sudah disematkan di smartphone ini.

Selengkapnya baca di sini

3. Startup Ini Ingin Tanamkan Google ke Otak Manusia

Kondisi IQ dan otak seseorang sejatinya bisa diubah, terlebih jika orang tersebut memang berniat ingin belajar lebih baik. Hal ini pun, bisa diwujudkan layaknya sihir oleh Fountech.ai. 

Ya, startup yang satu ini, punya tujuan dengan ingin membuat semua otak manusia bisa lebih cerdas layaknya mesin pencarian Google Search.

Mereka bahkan tengah mengembangkan teknologi di mana akan mengimplan 'chip' khusus yang akan membantu otak manusia bisa dengan mudah mencari informasi yang diinginkan.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buduk, Masalah Kesehatan Tersering yang Menyerang Para Santri

Posted: 27 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tasikmalaya Mendapatkan asupan makanan yang sehat saja bukan jaminan para santri di pondok pesantren bebas dari masalah kesehatan. Di Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat, masalah yang banyak dialami para santri adalah penyakit buduk atau skabies.

Hal ini diungkapkan oleh Pengurus Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya Jawa Barat dalam puncak peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2019 pada Rabu kemarin. Dalam sambutannya, KH. Ubaidillah Ruhyat mengatakan bahwa meski tidak ada kasus TB, gatal-gatal menjadi masalah yang banyak dialami para santri.

"Sesuai pesan ibu (Menteri Kesehatan), setiap pagi anak-anak kami dikasih sarapan tempe, karena tempe itu baik untuk kesehatan," kata Ubaidillah di depan Menteri Kesehatan Nila Moeloek yang hadir dalam acara tersebut ditulis pada Kamis (28/3/2019).

"Tapi nanti kalau bisa diberi arahan karena banyak santri yang buduk," imbuhnya disusul dengan tawa dari para santri yang hadir dalam kegiatan tersebut.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Keluhan orangtua

Santri Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Giovani Dio/Liputan6.com)

Ubaidillah mengatakan, dia sering mendapatkan keluhan dari orangtua karena masalah buduk yang dialami para santri. Sayangnya, dirinya tidak bisa menjelaskan karena bukan dokter.

"Saya bilang begini, 'Bu, Pak, anak bapak buduk berarti sudah diterima menjadi santri, jadi kalau belum pernah buduk bukan santri,'," seloroh Ubaidillah.

Dia mengungkapkan, apabila terjadi masalah semacam itu, para santri diberikan pengobatan. Selain itu, para santri juga diminta untuk tetap menjalani aktivitas sehari-harinya dengan berpikir positif dan menganggap bahwa itu adalah ujian dalam kehidupannya.

"Karena saya bukan dokter, jadi saya hanya bilang kalau ini adalah suatu ujian di Pondok Pesantren Cipasung," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Nila mengatakan anggapan "Kalau belum buduk belum jadi santri" adalah salah. Maka dari itu, mereka yang belajar di pondok pesantren harus terus menjaga kebersihan.

"Sebenarnya, ketika ada dua ribu anak tinggal di asrama, kebersihan nomor satu. Kutu-kutu itu lho yang menjadikan skabies. Kalau sudah digigit, digaruk semakin gatal, semakin jadi dia (penyakitnya)," kata Nila memberikan penjelasan.

Jika itu terjadi, Nila meminta agar para santri mendatangi Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) sehingga bisa mendapatkan obat berupa salep. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kesehatan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Beda Foto Bangunan Bersejarah di Roma Dulu vs Kini, Kemegahannya Bikin Takjub

Posted: 27 Mar 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peradaban zaman dulu telah menjadi tonggak utama dalam berkembangnya kemajuan yang kini dirasakan. Pada peradaban zaman dulu, banyak kerajaan-kerajaan yang memimpin perkembangan dunia. Salah satu kerajaan terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah adalah Kekaisaran Romawi

Pada era Kekaisaran Romawi memiliki banyak sekali penemuan dan prestasi hebat yang hingga kini menjadi hal yang dapat digunakan dan dilihat oleh banyak orang. Semua penemuan dan prestasi yang dilakukan pada era Romawi dapat diamati juga melalui gaya arsitektur bangunan-bangunannya.

Romawi, sekitar 2000 tahun yang lalu ini sudah mampu membangun sebuah bangunan megah dengan gaya yang hingga kini masih dapat dinikmati. Colosseum, adalah satu bangunan Romawi yang menjadi simbol terbesar dari Kekaisaran Romawi.

Namun seiringnya waktu berlalu, kini beberapa bangunan sejarah yang megah itu hanya menyisakan sebagiannya saja. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Roma ingin menyaksikan bagimana sisa-sisa kemegahan lokasi sejarah di Roma tersebut.

Dilansir Liputan6.com, Kamis (28/3/2019) dari Boredpanda, berikut 7 foto lokasi sejarah di Roma yang kini tampak berbeda saat bangunan tersebut masih berdiri kokoh saat masa Kekaisaran Romawi.

Bangunan Colosseum Hingga Lokasi Forum Kuno

1. Colosseum

Salah satu bangunan bukti megahnya Kekaisaran Roma adalah Colosseum. Bangunan terkenal ini kini hanya menampakkan sebagian bangunannya saja. Para ahli menampilkan perkiraan gedung Colosseum ini saat masih berdiri kokoh yang tampak berbeda dengan penampakannya kini.

Colosseum yang terkanal (Sumber: Boredpanda)

2. The Basilica of Santi Cosma E Damiano

Bangunan ini memiliki pemandangan yang indah. Kaisar Maxentius membangun tempat ini untuk menghormati putranya Valerius Romulus yang meninggal pada tahun 309.

Selama bertahun-tahun banyak yang menjaga bangunan ini agar strukturnya tetap utuh. Sekarang, lokasi ini menjadi tempat kunjungan yang populer dan dikunjungi wisatawan.

(Sumber: Boredpanda)

3. Roman Forum

Lokasi Roman Forum berada di pusat kota Roma. Lokasi ini adalah sebuah alun-alun yang dikelilingi oleh bekas reruntuhan gedung pemerintahan kuno. Roman Forum dulunya merupakan tempat pidato publik, pengadilam dan pertandingan gladiator pada era Kekaisaran Romawi.

Seorang seniman kemudian mencoba membuat sketsa bekas reruntuhan tersebut menjadi bangunan yang pernah ada pada abad ke 17 itu.

Fourum publik pada zaman Kaisar Romawi (Sumber: Boredpanda)

Kuil Saturnus dan Museum Hadrian

4. Temple of Saturn

Tempat ini dibangun sebagai persembahan untuk dewa Saturnus tepatnya pada tahun 497 Sebelum Masehi dibawah pemerintahan Tarquinius Superbus, Raja Roma. Kuil ini pernah mengalami kebakaran dan bencana sehingga tinggal menyisakan sebagian bangunannya.

Di lokasi ini terdapat prasasti yang diawetkan. Sebagian bertuliskan "Senat dan Rakyat Roma memulihkan (kuil) yang terbakar habis,"

Kuil persembahan untuk dewa Saturnus (Sumber: Boredpanda)

5. Mausoleum of Hadrian (Castel Sant'angelo)

Lokasi ini berada di Parco Adriano, bangunan ini lebih dikenal dengan sebutan Castel Sant'angelo. Kaisar Hadrian menugaskan untuk arsitektur bangunan ini menjadi tempat peristirahatan bagi dirinya dan keluarganya.

Dibangun sekitar tahun 134 dan 139 Sebelum Masehi, lokasi ini kemudian menjadi tempat dilahirkannya keluarga raja dan kaisar. Kini, Mausoleum of Hadrian adalah sebuah museum.

Museum Hadrian yang dibangun tahun 134 dan 139 SM(Sumber: Boredpanda)

Forum Tabularium dan Gedung Teater Apollo

6. Roman Forum From The Tabularium

Lokasi ini dulunya adalah tempat untuk menampung banyak pejabat kota yang memiliki pemandangan indah dan menakjubkan.

Forum Romawi ini dibangun pada 78 Sebelum Masehi. Kini bangunannya hanya menyisakan sebagian saja, beruntungnya bangunan itu tetap dilestarikan.

(Sumber: Boredpanda)

7. Theatre of Marcellus, Temple of Bellona and Temple of Apollo Sosianus

Dibangun pada abad 13 Sebelum Masehi, Teater Marcellus digunakan untuk berbagai pertunjukkan seperti drama dan musik. Beberapa bagian bangunan tersebut masih bertahan hingga kini dan masih terjaga. Hanya terdapat 2 bangunan tersisa yang dulu digunakan untuk dewa Romawi Bellona dan Dewa Apollo.

Teater yang kini masih terjaga (Sumber: Boredpanda)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Israel Terus Kerahkan Pasukan ke Perbatasan Gaza

Posted: 27 Mar 2019 09:51 PM PDT

Tentara Israel duduk di atas artileri dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Mobilisasi tentara Israel ke perbatasan Gaza dilakukan ketika suasana telah mereda setelah baku tembak dengan kelompok Hamas. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel duduk di atas artileri dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Mobilisasi tentara Israel ke perbatasan Gaza dilakukan ketika suasana telah mereda setelah baku tembak dengan kelompok Hamas. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel berkumpul di dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Pengerahan ini dilakukan setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berkonsultasi dengan pejabat keamanan Israel. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel berkumpul di dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Pengerahan ini dilakukan setelah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berkonsultasi dengan pejabat keamanan Israel. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel membaca buku di atas artileri di dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Brigade Infanteri dan Batalion Artileri tambahan dikerahkan untuk membantu pasukan militer Israel di sekitar perbatasan Gaza. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel membaca buku di atas artileri di dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Brigade Infanteri dan Batalion Artileri tambahan dikerahkan untuk membantu pasukan militer Israel di sekitar perbatasan Gaza. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel berdiri di atas artileri di dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Pertempuran sengit sempat meletus di wilayah tersebut sebelum akhirnya Hamas menyepakati gencatan senjata yang diinisiasi Mesir, tetapi Israel belum bersikap. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

Tentara Israel berdiri di atas artileri di dekat perbatasan dengan Gaza, Rabu (27/3). Pertempuran sengit sempat meletus di wilayah tersebut sebelum akhirnya Hamas menyepakati gencatan senjata yang diinisiasi Mesir, tetapi Israel belum bersikap. (AP Photo/Tsafrir Abayov)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayang Hari Ini, Kisah Dumbo Si Gajah Terbang dengan Cerita Lebih Mengesankan

Posted: 27 Mar 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dumbo merupakan sebuah film animasi Walt Disney yang diproduksi tahun 1941. Dumbo pertama kali diputar di bioskop pada 23 Oktober 1941 oleh distributor bernama RKO Radio Pictures.

Film ini diangkat dari buku cerita anak berjudul sama karya Helen Aberson dan ilustrasi oleh Harold Perl. Tokoh utamanya adalah seekor gajah jantan yang bertingkah laku seperti manusia, dan diberi nama panggilan Dumbo.

Bagi yang masa kecilnya akrab dengan film Disney, tentu tak asing lagi dengan gajah Dumbo. Di dalam cerita sebelumnya teman setia dumbo hanyalah ibunya, dan seekor tikus bernama Timothy. Persahabatan Dumbo dan Timothy sekaligus merupakan parodi dari hubungan yang tidak serasi antara gajah dan tikus.

Namun, hal yang paling mencolok dari Dumbo adalah memiliki daun telinga yang lebar yang dipakainya sebagai sayap untuk terbang. Dumbo awalnya belum tahu bahwa ia bisa terbang, namun dengan bulu ajaib tersebut Dumbo bisa terbang kembali. Dumbo lalu mempertontonkan keterampilannya terbang di sirkus dan menjadi gajah terkenal di Amerika Serikat.

kabar gembira, film Dumbo  mulai tayang di bioskop hari ini 28 Maret 2019. Berikut Liputan6.com rangkum kisah di Dumbo gajah terbang yang hari ini tayang di Indonesia, Kamis (28/3/2019).

Sinopsis Film Dumbo

Kisah Dumbo Si Gajah Terbang (sumber:Disney)

Disney kembali menggarap film animasi dengan genre fantasinya menjadi versi live action. Setelah Beauty And The Beast dan Cinderella, kali ini film Dumbo yang mendapat giliran.

Film Dumbo menceritakan soal kehidupan Holt Farrier (Colin Farrell), seorang mantan pemain sirkus dari Kentucky. Ia harus merawat seekor gajah kecil yang baru lahir bersama keluarganya.

Dumbo dikisahkan hidup terpisah dari induknya dan tinggal bersama keluarga pemain sirkus. Pemilik sirkus bernama Max Medici (Danny DeVito) meminta mantan bintang, Holt Farrier (Colin Farrell) dan anak-anaknya (Nico Parker & Finley Hobbins) untuk merawat Dumbo. Gajah tersebut terlahir dengan telinga terlalu lebar, sehingga menjadi bahan tertawaan di sirkus.

Sering mendapat ejekan, pemilik sirkus Max Medici (Danny DeVito) juga terus memaksa Holt menghasilkan uang meskipun kondisi gajah tersebut 'tidak normal'. Tapi siapa sangka, Dumbo justru jadi penyelamat bisnis sirkus yang sedang sekarat itu berkat kemampuannya yang luar biasa.

Dumbo di Tempat Sirkus

Kisah Dumbo Si Gajah Terbang (sumber:Disney)

Kedua anak Holt setia menemani gajah kecil yang diberi nama Dumbo itu kemana pun ia pergi. Bahkan mereka juga mengajari beberapa trik sirkus agar bisa digunakan untuk Dumbo. Ketika sedang merawat Dumbo, betapa terkejutnya anak-anak Holt saat mendapati kalau gajah imut itu bisa terbang dengan menggunakan kedua telinganya yang besar.

Kabar heboh itu akhirnya sampai ke pengusaha sirkus besar bernama Vandevere (Michael Keaton). Vandevere pun mendatangi kediaman keluarga Holt bersama pemain sirkus akrobatiknya, Colette Merchant (Eva Green). Ia berniat mengajak Dumbo menjadi bintang di Dreamland, sebuah sirkus ternama di kota besar.

Sayangnya, di balik gemerlap indah Dreamland, banyak sekali rahasia yang disembunyikan oleh Vandevere. Lalu bagaimana nasib Dumbo setelah ia pindah ke sana? Kalau kamu penasaran dengan kisah unik Dumbo si gajah kecil, jangan lupa saksikan aksinya di bioskop kesayanganmu.

Trailer Film Dumbo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jackson GOT7 Ulang Tahun, Ini 7 Potret Perjalanan Kariernya

Posted: 27 Mar 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tagar #KingJacksonDay dan #OurPrideJacksonDay bertengger di 10 besar trending topik jagad raya Twitter. Tagar tersebut menandai hari ulang tahun Jackson GOT7, Kamis (28/3/2019). Tahun ini, dirinya genap berusia seperempat abad, alias 25 tahun.

Fans GOT7, IGOT7 di seluruh dunia, berbondong-bondong merayakan hari ulang tahun idolanya dengan memeriahkan beranda Twitter. Tak hanya para fans, rekan satu timnya pun tidak mau ketinggalan. Yang menarik perhatian, Ibu Jackson bahkan turut serta membagikan foto masa kecil putra kesayangannya di Instagram pribadinya.

Berbagai harapan dan doa dilontarkan para fans untuk Jackson GOT7 yang kerja kerasnya tidak tertandingi. Seperti diketahui, Jackson adalah cowok kelahiran Hong Kong yang mencoba peruntungan berkarier di industri hiburan Korea Selatan. Namun, perbedaan budaya dan bahasa tidak menjadi penghalang Jackson untuk terus berkarya.

Itulah sebabnya Jackson sangat sukses di usianya yang masih terbilang muda. Berbagai pencapaian dirinya patut diacungi jempol. Untuk menjadi sukses seperti sekarang ini, Jackson harus merelakan kariernya sebagai atlet anggar, lho.

Lantas, seperti apa sih perjalanan karier Jackson GOT7 yang dulunya seorang atlet anggar hingga bisa sukses menjadi Idol K-Pop seperti sekarang? Yuk simak ulasan lengkap potret perjalanan karier Jackson GOT7 yang hari ini tengah berbahagia, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (28/3/2019).

1. Masuk Tim Nasional Olahraga Anggar Hong Kong

Jackson GOT7. (Sumber: Instagram/sophiawang328)

Sebelum sukses berkarier menjadi publik figur, pemilik nama lengkap Jackson Wang ini dulunya adalah atlet nasional olahraga anggar. Jackson bahkan telah menjuarai berbagai perlombaan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Saat masih duduk di bangku SMP, Jackson pun menjadi juara 1 kejuaraan anggar se-Asia. Bakatnya di bidang olahraga ini tak lain diturunkan oleh kedua orangtuanya yang juga seorang atlet saat muda.

2. Debut Bersama GOT7

GOT7 (Sumber: Instagram/got7.with.igot7)

Kecintaannya terhadap dunia seni mengantarkan Jackson debut dengan grup idola papan atas Korea, GOT7. Di bawah naungan JYP Entertainment, GOT7 memulai debutnya pada 16 Januari 2014 silam. Musik GOT7 selalu sukses puncaki penjualan album dan tangga lagu hingga berhasil menggelar tur dunia, termasuk di Indonesia.

Berbagai penghargaan diraih GOT7 hanya dalam kurun waktu 5 tahun. Seperti Best New Artist, Rookie Artist of the Year, Worldwide Performance, Best Worldwide Act, Worldwide Favorite Artist, Goodwill Star Award, 10 besar Worldwide Fan's Choice, dan TikTok Most Popular Artist serta masih banyak penghargaan lainnya.

3. Rilis Single Solo

Jackson GOT7. (Sumber: Instagram/jacksonwang852g7)

Setelah sukses bersama GOT7, Jackson kembali membuktikan bahwa dirinya memiliki bakat cemerlang dengan merilis single solo pertamanya, Papillon. Sejak tahun 2017, Jackson semakin aktif mengasah bakat rap dan produksi lagu sehingga mampu menciptakan musik-musik berkualitas.

Selain Papillon, lagu buatan Jackson lainnya yaitu Vision, Okay, Dawn of Us, Made It, Hunger, WOLO, Phoenix, Oxygen, dan banyak lagi. Jackson membuat tim manajemen bernama Team Wang yang membersamai aktivitas solonya.

4. Model Iklan Berbagai Merk Terkenal

Jackson GOT7. (Sumber: Instagram/fendi)

Tak hanya berbakat dalam dunia musik, Jackson Wang pun memiliki wajah tampan yang tak pernah gagal mempesona kaum hawa. Berkat wajah rupawannya itu, Jackson digaet menjadi model iklan berbagai merk terkenal dunia.

Misalnya Adidas, Fendi, Vivo, Lenovo, Pepsi dan merk ternama lainnya yang memboyong wajah Jackson untuk mempromosikan produknya. Pada 14 Januari lalu, Jackson dipercayai menjadi Ambasador Fendi China.

5. Punya Patung Lilin di Madame Tussauds Hong Kong

Jackson GOT7. (Sumber: Instagram/jacksonwang852g7)

Jackson menjadi member GOT7 pertama yang figurnya dijadikan patung lilin di Madame Tussauds Hong Kong. Pada 18 Desember 2018, pihak Madame Tussauds mengumumkan kabar gembira tersebut yang tak ayal membuat penggemar semakin cinta dengan sosok Jackson.

6. Kolaborasi dengan Alibaba dan Sosok Ternama Lainnya

Jackson GOT7. (Sumber: Instagram/jacksonwang852g7)

Tak cukup menjadi seorang idola, Jackson bahkan digaet Alibaba menjadi Chief Wonderful Goods Officer dari Alibaba Group Tmall. Dia mewakili perusahaan raksasa dunia tersebut dalam acara American Music Awards 2017 silam.

Baru-baru ini, Jackson semakin menjadi sorotan publik karena kedapatan bermain bersama Rich Brian, seorang rapper Indonesia yang namanya mendunia dan berkarier di Amerika Serikat. Selain itu, Jackson pun rupanya kenal dengan Niki yang juga bergelut di bidang yang sama.

7. Tiket Konser Solo Terjual Habis

Jackson GOT7. (Sumber: Instagram/jacksonwang852g7)

Pada 23 Maret lalu, Jackson mengadakan konser solo pertamanya di Beijing Olympic Sports Festival. Dalam waktu kurang dari 100 detik, tiket konser solonya itu ludes terjual. Ketenaran Jackson mungkin bukanlah hal yang aneh mengingat kerja kerasnya yang luar biasa untuk mengembangkan bakatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Presiden 2019: Persija vs Kalteng Putra di Indosiar

Posted: 27 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta akan menjamu Kalteng Putra di Stadion Patriot, Kamis (28/3/2019) pada babak delapan besar Piala Presiden 2019.

Di atas kertas, Kalteng Putra tentu bukan lawan sepadan bagi Persija pada babak delapan besar Piala Presiden 2019. Namun, tim berjuluk Macan Kemayoran itu perlu waspada.

Namun, lupakan sejenak status Kalteng Putra sebagai tim terbaru di Liga 1. Nyatanya, Patrich Wanggai dan kawan-kawan berhasil mempermalukan sejumlah klub besar di babak penyisihan grup Piala Presiden.

PSM Makassar dan Persipura Jayapura telah merasakan hegemoni tim berjuluk Laskar Isen Mulang tersebut.

Persija pun menjadi was-was. Belum lagi ditambah, Macan Kemayoran terancam tanpa diperkuat lima pemainnya, dengan dua di antaranya telah dipastikan absen. Novri Setiawan dan Sandi Darman Sute masih bergelut dengan cedera.

Lihat jadwal Persija vs Kalteng Putra di 8 besar Piala Presiden 2019 yang akan disiarkan langsung oleh Indosiar pada halaman berikutnya.

 

 

Jadwal Pertandingan

Kamis (28/3/2019)

16.00 WIB, Persija Jakarta Vs Kalteng Putra

Venue: Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi.

Live di Indosiar

Jadwal Lainnya

Jumat (29/3/2019)

15.30 WIB, Persebaya Surabaya Vs Tira Persikabo, Stadion Bung Tomo, Surabaya

Sabtu (30/9/2019)

15.30 WIB, Bhayangkara FC Vs Arema FC, Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi

Minggu (31/3/2019)

15.30 WIB, Persela Lamongan Vs Madura United, Stadion Surajaya, Lamongan

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Akui Daya Saing Infrastruktur Indonesia Tertinggal dari Malaysia

Posted: 27 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menghadiri perayaan ulang tahun PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) ke 10. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani menyampaikan rasa bangganya atas pencapaian yang didapat SMI.

Sri Mulyani mengatakan, sudah banyak pencapaian yang diraih dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Meski demikian, daya saing atau competitiveness index infrastruktur Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan dengan Malaysia.

"SMIers ini pasti adalah mereka yang paling tidak, pernah ke luar negeri. Lihat tetangga kita tidak usah jauh-jauh Malaysia. Kalau dilihat dari global competitiveness index infrastrukturnya saja mereka ada di rangking 30, kita ada di rangking 71," ujarnya di Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (28/3).

Ranking ini tentu bukan sesuatu yang membanggakan. Untuk itu, dia mengajak SMI agar turut serta mendorong kenaikan competitiveness index infrastruktur agar lebih baik meskipun jika dibandingkan Malaysia Indonesia memiliki wilayah yang lebih luas dan penduduk lebih besar.

"Senang nggak kita ada di bawahnya? pasti tidak. Semangat dari milenial Anda harus bisa mengejar. Anda boleh berargumentasi Malaysia lebih kecil dari kita Bu. Dia nggak punya 17.000 pulau, dia penduduknya nggak sampai 267 juta. Wilayahnya tidak sebesar 8,3 juta KM. Lautnya lebih banyak kita ibu," jelasnya.

"Anda sangat mudah mencari alasan panjang sekali untuk mengatakan Ia memang kita 71 nggak apa-apa yang di situ 30. Namun saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menggugah kalian semua jangan pernah memiliki karakter untuk selalu mencari alasan dulu untuk tidak melakukan sesuatu," sambungnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menambahkan, saat ini PT SMI memiliki banyak SDM millenial yang memiliki semangat besar untuk melakukan perubahan-perubahan. Dia pun meminta, SMI dapat terus bergerak dan memerangi sikap mencari-cari alasan.

"Saya berharap semangat muda dari SMI adalah semangat yang tadi ditunjukkan dengan lagu, dengan bahkan pengibaran bendera menyanyikan Indonesia Raya. Bahkan dari sisi doanya dan gerakan kita semuanya adalah ingin membangun semangat, memerangi sikap kita untuk selalu mencari alasan bahwa ini tidak bisa dan terlalu sulit," tandasnya.

 

Reporter: Anggun P Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Sri Mulyani: Bangun SDM Jauh Lebih Sulit Ketimbang Infrastruktur

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menegaskan, membangun Sumber Daya Manusia (SDM) jauh lebih sulit dibandingkan membangun fisik atau infrastruktur.

Hasil pembangunan infrastruktur bisa langsung dilihat tetapi pembangunan SDM sulit untuk diukur. 

"Saya ingin menyampaikan kepada bapak ibu kalau kita fokus membangun SDM, tantangan akuntabilitas menjadi jauh lebih sulit. Dibandingkan membangun fisik. Kalau bapak ibu sekalian, TNI dan Polri kalau bicara tentang membeli alusista mudah, akuntabilitasnya, kalau mau beli helikopter, betul engga beli atau tidak," ujar Sri Mulyani, saat menjadi salah satu pembicara dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) pengawasan intern pemerintah di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (21/3/2019). 

"Tapi kalau membangun profesionalisme TNI, Polri ukurannya jauh lebih sulit, dibandingkan kalau membangun barak. Jadi segala sesuatu yang membangun SDM jauh lebih sulit tampak dampaknya jauh lebih besar kepada perekonomian kita," sambungnya. 

Sri Mulyani melanjutkan, belanja SDM yang menggunakan uang negara juga sulit dihitung salah satunya untuk pembangunan kesehatan masyarakat seperti stunting dan jumlah anak yang dilahirkan. Sering kali, anggaran habis untuk hal ini namun hasilnya tidak bisa langsung dirasakan. 

"Di bidang kesehatan kita bisa mengukur jumlah anak yang stunting. Tapi itu tidak ujug-ujug turunnya. Jumlah bayi yang lahir sehat, berapa ibu yang melahirkan dengan sehat. Kita bicara anak yang di didik. Tidak tahu anaknya makin pintar atau tidak, tahu-tahu uangnya sudah habis," ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Safari Kampanye Ma'ruf Amin di Jawa Tengah

Posted: 27 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon wakil presiden Ma'ruf Amin melakukan kampanye di sejumlah daerah Jawa Tengah. Diantaranya, Wonosobo dan Temanggung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Tunda Penyelidikan Pembunuhan Siswi SMK Bogor Hingga Pilpres Usai

Posted: 27 Mar 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Polresta Bogor Kota menunda penyelidikan kasus pembunuhan siswi SMK Baranangsiang Bogor, Andriana Yubelia Noven Cahya. Kapolresta Bogor Kota Kombes Hendri Fiuser mengungkap, saat ini pihaknya tengah fokus pengamanan pemilu yang akan digelar pada 17 April mendatang.

"Nanti (Penyelidikan) setelah pilpres kita evaluasi lagi," kata ditemui usai Deklarasi Pemilu Damai bersama ribuan pelajar di Kebun Raya Bogor, Kamis (28/3/2019).

Di samping itu, proses digital forensik rekaman CCTV yang melibatkan ahli dari Federal Bureau Investigation (FBI) belum selesai. Digital forensik dilakukan untuk mengidentifikasi wajah pelaku yang terekam kamera CCTV di lokasi kejadian.

"Sambil menunggu hasil dari FBI seperti apa, kendalanya di mana? Kita tindak lanjutin lah," ujar Hendri.

Sebelumnya, polisi meminta bantuan ahli digital forensik Biro Investigasi Federal untuk mengidentifikasi wajah pelaku yang terekam kamera CCTV di lokasi kejadian.

Alat yang dimiliki FBI ini berfungsi untuk dapat memperjelas tampilan dari sebuah video sehingga diharapkan dapat mengungkap wajah pelaku pembunuhan siswi kelas XII itu.

Sejauh ini, Polisi kesulitan mengidentifikasi pelaku karena kualitas gambar di rekaman CCTV yang terpasang di dekat lokasi penusukan, resolusinya sangat rendah.

Dari 30 orang saksi yang telah diperiksa pun polisi tidak mendapat petunjuk. Karena tidak ada saksi yang melihat dan mendengar pada saat peristiwa terjadi. Alhasil, Polisi ragu menyebar sketsa wajah.

"Foto profile wajah pelaku sudah jadi sebenarnya, namun kita harus membandingkan lagi dengan saksi dan CCTV supaya jangan sampai salah," ungkap Hendri.

 

Sempat Amankan Mantan Kekasih Korban

Salah seorang pria berinisial S, yang tak lain mantan kekasih Noven, sempat diamankan. Karena tak cukup bukti, pria tersebut dilepaskan. Polisi juga sempat memeriksa laptop, telpon genggam hingga media sosial Noven, namun tak ada petunjuk mengarah ke siapa pelakunya.

"Di gagang senjata tajam untuk menikam korban pun tidak ditemukan sidik jari pelaku," ujar Hendri.

Karenanya, Polisi meminta bantuan FBI untuk mengidentifikasi wajah pria penusuk Noven yang terekam CCTV dengan alat canggih yang dimilikinya.

Seperti diketahui, siswi SMK Baranangsiang Bogor, Adriana Yubelia Noven Cahya ditusuk di gang kecil Jalan Riau, Kota Bogor, Jawa Barat pada Selasa (8/1/2019) saat pulang dari sekolah.

Dari rekaman CCTV, terlihat pelaku menusuk korban di sebuah gang yang sepi samping kosannya. Pelaku, yang terlihat dalam rekaman CCTV, menunggu korban yang berjalan di gang.

Saat berpapasan, pelaku menusukkan senjata tajam di bagian dada kiri. Korban terkapar, sedangkan pelaku langsung lari kencang meninggalkan lokasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Film Arctic, Lucinta Luna, Bimbim Slank dan Catherine Wilson Deg-degan

Posted: 27 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa artis Indonesia ramai-ramai menyaksikan film Arctic yang mulai tayang di bioskop-bioskop di Indonesia. Mereka antara lain Lucinta Luna, Catherine Wilson, Bimbim Slank, serta masih banyak yang lainnya.

Para artis ini mengaku antusias menyaksikan penampilan Mads Mikkelsen di Film Arctic ini. Filmnya sendiri bercerita mengenai tantangan bertahan hidup di tengah gurun salju.

"Ya Allah, filmnya menegangkan sekali. Gara-gara menonton film ini, saya jadi berpikir, kayaknya ke depan harus lebih hati-hati lagi kalau bepergian naik pesawat. Akting Mads Mikkelsen membuat saya ikut deg-degan," kata Lucinta Luna usai nonton film Arctic di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Berempati

Film Arctic

Sementara itu, Bimbim Slank mengaku memaknai cerita karya sineas Joe Penna ini. Dirinya menganggap semua manusia memiliki masalah. Bimbim pun mengaku bakal merefleksikan diri usai menyaksikan film ini.

"Habis menonton, saya berkaca pada diri sendiri. Apakah masalah yang saya hadapi sesulit tokoh utama di film ini?" ujar Bimbim.

Lain lagi dengan Catherine Wilson. Usai menyaksikan Arctic, dirinya ingin belajar berempati.

"Di posisi mengerikan seperti dalam kondisi di film itu, di situasi sesulit itu, kita yang ada memikirkan keselamatan diri sendiri. Tapi lihat apa yang dilakukan Mads di film ini. Ia masih sempat memikirkan orang lain," ujar Catherine Wilson.

 

Tayang 27 Maret

Film Arctic

Film Arctic sendiri mulai tayang di bioskop Indonesia 27 Maret 2019. Kali pertama Arctic diputar di Festival Film Cannes, tahun 2018 dan mendapat tepuk tangan berdiri selama 10 menit. 

Sejumlah situs pengulas film memberi apresiasi positif untuk Arctic. Laman IMDb memberikan skor 7,3/10 sementara Metacritics 71. Tak ketinggalan situs RottenTomatoes memberi nilai 88 persen segar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Pria Bikin Ikan Jadi Emosi Ini Kocak Parah, yang Nonton Ikut Geregetan

Posted: 27 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikan adalah anggota vertebrata poikilotermik (berdarah dingin) yang hidup di air dan bernapas dengan insang. Ikan merupakan kelompok vertebrata yang paling beraneka ragam dengan jumlah spesies lebih dari 27,000 di seluruh dunia.

Ikan hias merupakan salah satu hewan air yang diminati banyak orang sebagai peliharaan. Kelucuannya membuat ikan sering dipelihara orang di akuarium. Alasan memelihara ikan salah satunya, ternyata ikan memiliki perasaan.

Perilaku yang sering diketahui bahwa ikan memiliki perasaan ialah ikan bisa stres. Ikan yang alami stres akan cenderung bergerak bebas tak punya aturan. Kadang setelah aktif terus, ikan tersebut akan terdiam di bawah akuarium. Lalu enggan makan dan mati. Dari situ ikan diketahui memiliki perasaan.

Ikan yang memiliki perasaan salah satu jenisnya ialah ikan Louhan. Ikan Louhan menjadi salah satu favorit ikan hias yang dipelihara. Keunikan ikan Louhan ialah ada benjolan di kepalanya. Benjolan di kepala yang semakin besar, maka akan naikan harga jual Louhan.

Ikan Louhan baru-baru ini cukup menghebohkan warganet karena alami emosi. Emosi ikan ini terekam dan diunggah oleh akun Twitter @recehin_aja. Seperti Liputan6.com kutip pada Kamis (28/03/2019), diberitakan tentang kelucuan ikan Louhan, membuat siapa saja yang melihatnya bakal tepuk jidat.

Ikan Louhan Emosi

 

Awal kejadian unik ini ialah ada pria berkacamata sedang melihat-lihat ikan yang ada di akurium. Entah sang pria ini iseng atau memang sedang kurang kerjaan.

Tiba-tiba, pria ini mendekati akurium dan membentuk huruf 0 pada mulutnya, seolah-olah mengejek ikan tersebut.

Setelahnya, tanpa diduga muncul ikan berwarna oranye. Ikan oranye yang ternyata Louhan itu memiliki benjolan di kepalanya. Tanpa disangka, ikan Louhan merespons ejekan pria kurang kerjaan tersebut. Alhasil, ikan Louhan emosi dan ganti menirukan apa yang pria ini lakukan.

Bahkan saking emosinya, badan ikan Louhan ini sampai menyentuh permukaan air. Sebuah kejadian langka tak terduga, yang nyatanya membuat siapapun yang melihatnya akan geleng-geleng kepala. Ternyata seekor ikan bisa emosi juga.

Respon Netizen

Kelucuan ikan Louhan yang emosi ini ternyata menimbulkan banyak tanggapan dari netizen. Banyak komentar kocak netizen, tanggapi kelucuan ikan Louhan ini. Berikut komentar netizen terangkum di bawah ini.

"Kenapa gua yang emosi ya," tulis akun @ulfkhry

"Ikannya ngegas amat ya," tulis akun @dhea_alamsyah

"Ikan bisa emosi juga ya," tulis akun @syafasiti96

"Bagus tuh ikan mulutnya kalau dipakain lipstik," tulis akun @beeyklin

"Ikannya pasti gedeg banget sama orang itu," tulis akun @exokit_

Itulah cuplikan tentang video ikan bisa emosi dan bagaimana respon netizen menanggapinya. Memang tidak terduga, ternyata ikan bisa emosi kalau digodain manusia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Bimbang, Giroud Bantah Ingin Tinggalkan Chelsea

Posted: 27 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Oliver Giroud menyatakan masih ingin tinggal bersama Chelsea. Pemain asal Prancis ini seperti merevisi pernyataannya sebelumnya, yang menyebut ia ingin tinggalkan Stamford Bridge.

Giroud memilih tinggal meski dirinya membutuhkan menit bermain yang lebih banyak. Ia masih merasa senang bersama Chelsea.

Pernyataan soal dirinya ingin hengkang pernah diungkapkan satu pekan yang lalu. Kepada RTL pada saat itu, pemain berumur 32 tahun tersebut mengaku frustrasi karena hanya mendapatkan jatah sebagai penghangat bangku cadangan Chelsea.

"Masa depan saya mungkin akan terasa sibuk di musim panas ini. Saya tak takut untuk turun level demi mendapatkan kesempatan bermain lebih. Bisa saja saya mengakhiri karir saya di Prancis," tutur Giroud.

Tunggu Keputusan Embargo Transfer

Penyerang Prancis, Olivier Giroud gagal tuntaskan peluang pada laga kedua Kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup H yang berlangsung di Stadion Stade de France, Paris, Selasa (26/3). Perancis menang 4-0 atas Islandia. (AFP/Franck Fife)

Namun belakangan ini, setelah mencatatkan torehan penting di Timnas Prancis, Giroud justru berubah pikiran. Pertimbangannya adalah soal embargo transfer Chelsea yang memungkinkan dirinya bisa mendapat kesempatan bermain lebih.

"Kami masih harus menanti apakah kami punya kesempatan untuk mendapatkan beberapa pemain [di bursa transfer berikutnya]," tutur Giroud seperti yang dikutip dari Football.london.

"Mungkin setelahnya mereka akan lebih membutuhkan saya dan menawari saya sesuatu. Saya merasa sangat senang di sini, tapi semuanya tergantung pada beberapa hal, jadi mari nantikan saja," lanjutnya.

Ingin Bertahan di Chelsea

Pernyataan Giroud yang ingin mengakhiri karir di Prancis membuat dirinya kerap dikaitkan dengan Olympique Lyon belakangan ini. Tapi ia sendiri langsung menampiknya dengan tegas dan menyatakan rasa setianya kepada The Blues.

"Media Prancis terlalu banyak memuat komentar dari saya untuk mendorong saya pindah ke Lyon. Saya bertujuan untuk bertahan, dan saya akan senang jika bisa bertahan di Chelsea - tapi saya ingin lebih sering bermain," tambahnya.

"Untuk sekarang kami punya laga besar melawan Cardiff pada akhir pekan nanti. Masih ada delapan pertandingan tersisa, dan untuk masuk dalam Liga Champions, kami akan mencoba memenangkan semuanya," tandasnya.

Pertandingan Premier League antara Cardiff City melawan Chelsea sendiri akan berlangsung pada hari Minggu (31/3) mendatang. Partai tersebut bakalan digelar di markas The Bluebirds, yakni Cardiff City Stadium.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Ciptakan Efisiensi

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menjelaskan, penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) atau yang lebih dikenal dengan e-government berdampak pada integrasi sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi.

Kementerian PANRB pun telah melaksanakan evaluasi SPBE yang kali pertama dilakukan pada 2018. Penyerahan hasil evaluasi SPBE dilakukan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada beberapa instansi pemerintahan di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Implementasi SPBE yang terpadu ini disebutkannya bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi.

"SPBE ini untuk mensinkronkan semua infrastruktur yang sudah ada di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah supaya terintegrasi. Sehingga menghasilkan sebuah efektifitas dan efisiensi dan berujung pada pelayanan publik," terangnya di Hotel Bidakara.

Dia mengatakan, tata kelola pemerintah yang masih silo dalam penerapan SPBE berdampak pada tidak terintegrasinya sistem aplikasi milik instansi pemerintah maupun lembaga, serta berakibat pada pemborosan anggaran. "Dengan integrasi, diharapkan dapat meningkatkan efisiensi," sambungnya.

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini menyatakan, pihaknya bersama dengan Tim Koordinasi SPBE Nasional akan membangun kebijakan SPBE yang bakal dijadikan pedoman dalam pembangunan SPBE terpadu.

Adapun Tim Koordinasi SPBE Nasional ini terdiri dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Lebih lanjut, Rini mengungkapkan, evaluasi SPBE dilakukan terhadap 616 instansi pusat, Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda). Masih ada sejumlah Pemda yang belum sempat dievaluasi, lantaram adanya bencana alam dan sambungan internet yang tidak bagus.

"Evaluasi SPBE bukan untuk mencari yang bagus atau buruk, yang menang atau kalah, yang terhebat atau terendah. Tetapi sesungguhnya untuk memotret kondisi faktual penerapan SPBE di instansi pusat dan pemda," pungkas dia.

 

Cara Kementerian PANRB Percepat Pelayanan Publik

Menteri PANRB Syafruddin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengatakan, unit penyelenggara layanan publik milik pemerintah haruslah berdasar kepada entrepreneurship bureaucracy. Ini meliputi pelayanan cepat, tepat, berkualitas, tidak berbelit, dan aksesabilitas mudah.

Dia pun menyatakan, sektor pelayanan publik yang merupakan salah satu sasaran utama reformasi birokrasi harus ditumbuhkan secara progresif, baik kualitas maupun kuantitas.

"Jika orientasi sektor private adalah bisnis dengan menjalankan operasional pelayanan dengan jiwa enterpreneurship sehingga cepat, efektif, dan tepat sasaran. Hal tersebut pula yang tentunya diinginkan oleh masyarakat akan pelayanan yang diberikan oleh pemerintah," ujar dia di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Perubahan pelayanan publik itu diharapkan dapat menumbuhkan kepercayaan, kepuasan, bahkan meningkatkan kebahagiaan masyarakat. Syafruddin menyampaikan bahwa sebagai penyelenggara negara, aparatur tidak sebatas melakukan tugas rutin.

Namun lebih dari itu, para penyelenggara layanan harus menjadi simbol kehadiran negara untuk rakyatnya, dan menjadi mesin utama pendorong modernisasi dan kemajuan bangsa.

"Kalau pelayanan dahulu dilakukan melalui membangun gedung yang mewah, nyaman, sejuk, namun sekarang berubah menjadi pelayanan yang dilakukan dengan cepat, mudah, terintegrasi dari pusat ke daerah. Dan pelayanan publik harus dapat digabungkan dengan teknologi yang berkembang saat ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, saat ini Kementerian PANRB telah mendorong pemerintah daerah untuk berinovasi dengan pembangunan MPP. Upaya tersebut guna memberikan alternatif pelayanan yang terintegrasi dan terpadu bagi masyarakat.

Maka dari itu, diperlukan kerjasama serta komitmen dari pemerintah daerah, instansi vertikal maupun BUMN/BUMD agar penyelenggaraan MPP dapat berjalan lebih efektif.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Yakin Raup Suara 70 Persen Lebih di Kaltim

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 01 Jokowi menargetkan meraih minimal 70 persen suara di Kalimantan Timur pada Pilpres 2019. Ini disampaikan Jokowi saat melakukan kampanye akbar di Gedung DOM Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (28/3/2019).  

"Saya yakin, insyaallah kalau kita semua bekerja keras, bersatu, nanti di Kaltim di atas 70 persen," kata Jokowi

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut pada Pilpres 2014, saat dirinya berpasangan dengan Jusuf Kalla perolehan suara di Kaltim mencapai 63,37 persen. Khusus Pilpres 2019, cukup realistis memasang target di atas 70 persen setelah berkampanye di Balikpapan.

Keyakinan Jokowi ini didukung juga pernyataan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD), Irjen Pol (Purn) Safaruddin bahwa pihaknya bisa menggalang dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin minimal 70 persen.

Perolehan Pilpres 2014

"Tadi pak Ketua (TKD Kaltim) menyampaikan minimal 70 persen. Nanti tanggal 17 (April 2019) sore saya telpon ketua di sini, 'Pak berapa?' Nanti kalau di bawah 70 persen awas," ujarnya.

Pada Pilpres 2014, Jokowi-Jusuf Kalla memperoleh 1.190.156 suara. Sedangkan pesaingnya, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memperoleh 687.734 suara atau 36,62 persen.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Arti Simbol dan Kode dalam Kemasan yang Perlu Kamu Ketahui

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah kamu memperhatikan simbol atau kode yang ada dalam sebuah kemasan makanan atau minuman yang kamu beli? Apakah kamu tahu maksud dari simbol atau kode itu? Mungkin sebagian dari kita tidak terlalu memperhatkan simbol atau kode yang ada dalam sebuah kemasan tersebut, namun ada juga beberapa orang yang sudah mengerti arti dari simbol-simbol itu. Sebenarnya jika dicermati, simbol atau kode dalam kemasan kadang juga berbeda-beda antara kemasan satu dengan yang lainnya.

Simbol dan kode dalam kemasan ini memiliki arti yang berbeda-beda juga, tergantung dari tujuan dan fungsi dari masing-masing simbol dan kode. Contoh mudahnya saja, beberapa kemasan makanan yang berbahan plastik memiliki simbol berbentuk segitiga yang melambangkan proses daur ulang. hal ini berarti plastik tersebut bisa di daur ulang atau merupakan hasil dari daur ulang.

Simbol dan kode dalam kemasan ini perlu kita perhatikan agar kita dapat lebih berhati-hati dalam menggunakan kemasan tersebut, apakah bisa digunakan kembali, atau hanya bisa digunakan sekali saja.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis 28/03/2019) beberapa simbol dan kode dalam kemasan beserta artinya dalam sebuah kemasan makanan yang perlu kamu ketahui.

1. Daur Ulang

Simbol daur ulang (sumber: Pixabay)

Simbol yang pertama yang sering ditemukan dalam kemasan makanan adalah simbol berbentuk tiga panah yang saling mengitari berbentuk segitiga. Simbol ini memiliki arti bahwa kemasan tersebut dapat di daur ulang dan digunakan kembali. Bahan kemasan makanan yang memiliki simbol ini, bisa digunakan kembali dengan membersihkannya kemudian disortir dan didaur ulang kembali oleh pabrik.

Selain itu, kemasan makanan yang biasanya bisa didaur ulang adalah kemasan yang ramah lingkungan. Namun tidak sedikit juga kemasan dengan simbol seperti ini tidak bisa di hancurkan atau dapat lenyap tertimbun tanah saja. Maka dari itu harus ada proses daur ulang untuk membuatnya bisa bermanfaat lagi.

Jika kamu menemukan kemasan makanan dengan simbol ini, alangkah baiknya untuk tidak membuangnya secara sembarangan atau dibuang secara terpisah diatukan dengan kemasan-kemasan lain yang memiliki simbol daur ulang yang dama.

2. Simbol PET

Simbol PET dalam kemasan (sumber: Pixabay)

PET atau polyetylene dengan angka 1 ditengahnya merupakan simbol jenis kemasan plastik yang paling banyak digunakan dan mudah didaur ulang. Namun simbol ini juga menjelaskan bahwa kemasan tersebut hanya boleh digunakan sekali saja. Jika ingin digunakan lebih baik di daur ulang oleh pabrik daur ulang terlebih dahulu. Itupun tidak akan digunakan sebagai tempat makanan, melainkan digunakan untuk hal lainnya.

PET juga mengacu pada jenis plastik yang didaur ulang memiliki sifat yang tipis, dan murah. Biasanya plastik jenis ini akan di daur ulang menjadi onderdil motor hingga mobil, dan peralatan lainnya.

3. Simbol PVC

Simbol PVC dalam kemasan (sumber: Pixabay)

PVC atau polyvinylchloride dengan angka tiga di tengahnya merupakan simbol yang biasanya digunakan pada kemasan yang bisa di daur ulang dan berubah menjadi produk kabel atau pipa paralon. Jenis plastik kemasan yang bersimbol PVC biasanya juga berkarakter kuat, fleksibel, dan tahan terhadap bahan kimia. Biasanya kemasan dengan simbol ini, tidak digunakan untuk mengemas makanan.

Plastik jenis PVC sering ditemukan menjadi kemasanan botol pembersih kaca, deterjen, minyak goreng, peralatan medis, papan, dan jendela. Plastik jenis PVC juga mengandung chlor dan akan terurai ke lingkungan jika dibakar.

4. Simbol PE-HD

Simbol PE-HD dalam kemasan (sumber: Pixabay)

Polyethylene High Desity atau PE-HD dengan angka dua di tengahnya merupakan simbol pada kemasan yang umum digunakan pada produk-produk rumah tangga dan diyakini memiliki kontaminasi bahan kimia yang sangat rendah. Kemasan ini juga hanya direkomendasikan untuk sekali pakai saja.

Simbol ini dapat ditemukan pada kemasan makanan dan minuman, pada botol jus, botol deterjen, botol shampoo, botol minyak, botol susu, halon, jerigen, tempat sampah plastik, dan masih banyak lagi. Bahan dengan simbol ini dapat didaur ulang menjadi kursi plastik, pagar, mainan, dan lain sebagainya.

5. Simbol PP

Simbol PP pada kemasan (sumber: Pixabay)

Polyethylene atau PP dengan angka 5 di tengahnya merupakan simbol yang sering ditemukan pada sedotan, tutup minuman, boyol saus, kecap, sirup, obat yogurt dan masih banyak lagi. PP merupakan jenis plastik yang tahan terhadap bahan kimia, dan memiliki titik cair yang tinggi serta kepadatan terendah dari semua jenis produk kemasan. Kemasan dengan simbol PP biasanya didaur ulang menjadi lampu, kabel baterai, sikat, rak, dan juga nampan.

6. Simbol PS

Simbol PS dalam kemasan (sumber: Pixabay)

PS atau polystyrene dengan angka enam di tengah adalah bahan yang digunakan dalam barang plastik sekali pakai, seperti tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai dan lain sebagainya. Kemasan dengan simbol PS hanya direkomendasikan sekali pakai saja, karena ia dapat mengeluarkan bahan styrene ke dalam makanan ketika bersentuhan.

Itulah beberapa simbol dalam kemasan mulai dari kemasan makanan, minuman, hinga beberapa kemasan kebutuhan sehari-hari yang sering terlewatkan oleh banyak orang. Karena sudah tahu arti dari simbol-simbol tersebut, alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan kemasan yang berbahan plastik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Golkar Tunggu Penjelasan KPK soal Dugaan Kadernya Terkena OTT

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terkait dugaan suap distribusi pupuk. Dari delapan orang yang diamankan, salah satunya anggota DPR yang diduga dari Partai Golkar.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily menanggapi dugaan tersebut menyatakan, partainya masih menunggu penjelasan resmi KPK mengenai kabar OTT tersebut.

"Kami menunggu penjelasan resmi dari KPK terkait dugaaan OTT itu," kata Ace saat dihubungi merdeka.com, Kamis (28/3/2019).

Ace mengatakan Golkar tidak ingin berspekulasi lebih lanjut terhadap kasus tersebut. Ace hanya menegaskan partai berlambang pohon beringin akan menindak tegas kadernya yang terjerat kasus korupsi.

"Kita tunggu keterangan resmi dari KPK. Yang jelas kami akan bersikap tegas bagi siapapun kader yang melakukan korupsi," ucap Ace.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan penyidiknya mengamankan anggota DPR terkait OTT kasus distribusi pupuk. Sebelumnya, ia menyebut tidak ada legislator yang ikut diciduk.

"Dini hari tadi, KPK mengantarkan 1 orang anggota DPR-RI. Saat ini sedang proses pemeriksaan lebih lanjut di gedung KPK," kata Febri saat diterima, Kamis (28/3/2019).

Sehingga, total yang diamankan KPK menjadi 8 orang. "Dengan demikian, sampai pagi ini sekitar 8 orang diamankan dlm OTT di Jakarta sejak Rabu sore hingga Kamis dini hari (28/3)," singkatnya.

Operasi tangkap tangan itu sendiri terkait kasus suap distribusi pupuk. Tujuh orang sebelumnya diamankan di antaranya direksi BUMN (Pupuk Indonesia), swasta serta sopir.

Selain itu, penyidik menyita sejumlah uang dalam pecahan rupiah dan dolar, serta satu unit mobil mewah

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rakerprov IMI DKI Rancang Kalender Olahraga dan Wisata

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ikatan Motor Indonesia (IMI) DKI menggelar Rapat Kerja Provinsi pada Rabu (27/3/2019). Rapat ini digelar bertepatan dengan hari jadi IMI yang ke-113.

Rakerprov digelar untuk merancang agenda kerja berupa kalender olahraga dan wisata IMI DKI di 2019. Ketua IMI DKI, Anondo Eko mengungkapkan, pihaknya sudah mengundang komunitas otomotif di Jakarta untuk memberi masukan.

"Kami mengundang sekitar 175 klub event yang memang sudah terdaftar sebagai anggota kami di DKI Jakarta. Kegiatan-kegiatan mereka itu lah yang akan kami masukkan ke dalam kalender program kerja, di mana ada wisata juga ada olahraga balap." kata Anondo.

Rakerprov dihadiri sejumlah tokoh balap nasional seperti direktur utama Circuit Sentul Tinton Soeprapto, ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, ketua KONI DKI Jakarta, Djamhuron P Wibowo, juga General Manager Marketing Sentul Sirkuit, Lola Moenek dan sejumlah pembalap nasional DKI Jakarta seperti Rifat Sungkar, Haridarma Manoppo, dan juga pembalap belia jawara, Avila Bahar.

"Kalau olahraga sudah ada beberapa masukan kegiatan, sementara untuk kegiatan wisata, mereka mempunyai banyak makanya biar terorganisir dalam satu informasi dengan wadah raker ini lah kami bertemu dan berkumpul," kata Anondo.

Sementara itu Tinton Soeprapto turut memberikan wejangan kepada sejumlah pengurus dan anggota untuk meningkatkan prestasi mereka di bidang olahraga otomotif.

"IMI sudah berapa tahun nih? Sudah lewat angka ratus lho, Ayo dong kita serius. Gue tuntut kalian untuk berprestasi," kata Tinton berapi-api.

 

 

Penghargaan IMI DKI

Rifat Sungkar saat menghadiri Rakerprov IMI DKI (istimewa)

Setelah mendengar sejumlah sambutan, IMI DKI Jakarta juga memberikan serangkaian penghargaan kepada sejumlah tokoh otomotif yang dianggap sangat berjasa bagi kemajuan otomotif nasional.

Ada Helmy Sungkar sebagai promotor milik DKI Jakarta yang berjaya di eranya dan sukses mengangkat cabang roda dua di Indonesia lewat sejumlah kejuaraan road race, dragbike dan motokros.

Helmy tak hadir karena alasan kesehatan dan penghargaan diterima putranya Rifat Sungkar. Hutomo Mandala Putra, Tinton Soeprapto, Prasetyo Edi Marsudi dan para mantan Ketua IMI DKI Jakarta juga menerima penghargaan.

Sebelumnya, pada 16-17 Maret kemarin, IMI DKI Jakarta menyelenggarakan program seminar balap motor FIM untuk pada kandidat sporting steward/clerk of the course di Sirkuit Sentul dengan mengundang Paul Duparc selaku Coordinator of Commission of Circuit Racing (CCR) di kantor pusat FIM.

Duparc berbagi ilmu dengan para peserta terkait kebutuhan lisensi internasional bagi para pelaku otomotif, terutama di dunia balap sirkuit.

Agenda Pra PON

Kedepan, Anondo mengungkapkan bahwa IMI DKI juga akan menyiapkan sejumlah kegiatan pra-PON untuk cabang otomotif yang menurut rencana akan melombakan empat cabang dari balap motor jalan raya dan motor cross.

"Untuk pra-PON kami akan diskusi dulu dengan KONI provinsi untuk menentukan tanggal kapan diselenggarakan. Tapi secara prinsip atlet-atlet sudah berlatih baik secara fisik maupun latih tanding di sejumlah ajang yang ada," kata Anondo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hajar Pacers, Thunder Jaga Peluang Lolos ke Playoff NBA

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Oklahoma - Oklahoma City Thunder (OKC) sukses mengalahkan tamunya, Indiana Pacers dalam lanjutan NBA, 107-99, Kamis (28/3/2019). Paul George muncul sebagai pahlawan dengan sumbangan 31 poin.

Kemenangan ini adalah yang kedua bagi Thunder dalam lima pertandingan terakhir mereka di NBA. Sebelumnya, Thunder kalah tiga kali dan menang atas Memphis Grizzlies.

Bukan hanya itu, Thunder juga memperbesar kans untuk lolos ke playoff NBA sebagai wakil dari Wilayah Barat. Thunder saat ini berada di peringkat ketujuh klasemen Wilayah Barat.

Selain George, Steven Adams juga berjasa dalam kemenangan atas Pacers. Pemain berposisi center ini menyumbang 25 poin bagi Thunder.

Di sisi Pacers, Bojan Bogdanovic meraih 28 poin dan keluar sebagai penyumbang poin terbanyak. Pacers sendiri sudah memastikan diri lolos ke babak playoff.

 

Jalannya Pertandingan

Russell Westbrook turut andil dalam kemenangan Thunder atas Pacers (AP)

Pertandingan Pacers vs Thunder berlangsung seru pada kuarter pertama. Adams menyumbang poin perdana bagi Thunder lewat dunk-nya memanfaatkan assist Terrance Ferguson.

Di akhir kuarter, tembakan bebas Dennis Schroder membuat Thunder unggul 29-27. Poin terakhir Pacers di kuarter ini disumbang Domantas Sabonis.

Thunder sempat kendor di kuarter kedua dengan hanya mencetak 16 poin. Sementara, Pacers mampu mempertahankan ritme dengan menambah 27 poin.

Westbrook dan kawan-kawan bangkit di kuarter ketiga. Dua tembakan tiga poin, masing-masing dari Grant dan George membuat Thunder kembali unggul 63-58, setelah sempat tertinggal.

Pada kuarter pamungkas, Thunder mengungguli Pacers dengan selisih 10 poin. Dua tembakan bebas dari Westbrook akhirnya menutup pertandingan untuk kemenangan Thunder.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: PM Inggris Theresa May Bersedia Mundur Demi Brexit

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PM Inggris Theresa May mengatakan dirinya bersedia mundur demi kesepakatan Brexit disetujui oleh Parlemen Inggris.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Jakarta, Chacha Frederica Pilih Tinggal di Kota Ini

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Chacha Frederica bicara soal kemungkinan dirinya meninggalkan Jakarta dan menetap di kota lain. Hiruk pikuk serta kepadatan jalan di Ibu Kota, membuat Chacha Frederica berandai-andai untuk menetap di sebuah tempat yang nyaman dan tenang.

Pilihan Chacha Frederica pun jatuh pada kota Semarang. Tak banyak yang tahu, sohib Nia Ramadhani dan Jessica Iskandar ini berkampung halaman di Semarang.

"Aku sudah tinggal 6 bulan disana dan Masyaa Allah, tinggal di daerah enak sekali. Suka banget, bahagia banget. Seperti biaya hidup juga lebih murah dari Jakarta, terus ke bandara cuma 18-20 menit, kalau di Jakarta 1-2 jam ya," ujar Chacha Frederica saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

"Buat aku hidup di daerah lebih tenang tapi suka nggak suka, mau nggak mau, pusat bisnis dan pemerintahan ya di ibu kota Jakarta jadi kita kerjakan di Jakarta," tutur Chacha Frederica.

 

Jika Suami Terpilih Jadi Anggota Legislatif

Chacha Frederica dan Dico Ganindito

Chacha Frederica juga mengaku siap tinggal di Semarang jika sang suami, Dico Ganindito menang dalam pemilihan angota DPR RI dari fraksi Golongan Karya (Golkar) di kota Semarang.

Bahkan, ia pun tengah membujuk suaminya untuk membeli tanah di daerah tersebut. Sebab, jika nantinya menetap di Semarang, Chacha Frederica ingin memiliki hunian sendiri.

"Aku sih lagi merayu ke suami 'Sayang beli tanah kecil-kecilan nggak usah gede-gedean buat tinggal di Semarang, karena tempat tinggal disana hanya rumah Opa'. Aku pengin punya rumah dan di rumah cuma aku dan suamiku saja. Lagi merayu, doain berhasil,"  Chacha Frederica memungkasi. (Fimela.com/ Syifa Ismalia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjajal Kecanggihan Empat Kamera Huawei P30 Pro di Paris

Posted: 27 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Huawei baru saja meluncurkan smartphone flagship teranyarnya, P30 Pro.

Smartphone tersebut digadang-gadang sebagai smartphone dengan kamera canggih yang ada pada saat ini. Tak heran, P30 Pro diluncurkan untuk memudahkan para pecinta fotografi dalam mengabadikan momen penting tanpa terkendala minimnya cahaya dan jarak.

Sekadar diketahui, Huawei P30 Pro memiliki empat kamera utama SuperSensing dari Leica. Tiga kamera ditempatkan vertikal di sisi sebelah kiri, satu kamera Time of Flight (ToF) berada di sebelahnya.

Tiga kamera sederet ini merupakan kamera wide-angle 40MP, ultra-wide 20MP, telephoto 5X 8MP. Lensa ToF depth-sensing memiliki kemampuan 5x optical zoom, 10x hybrid zoom, dan 50x digital zoom.

Lensa utama dan telephoto kamera ini memiliki OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu mengurangi motion blur dan meningkatkan kualitas low light. 

Ia juga memiliki fitur AI HDR+ yang mampu mengatur tingkat eksposur pada foto. ISO P30 Pro mencapai 409,600.

Christina Tan, salah seorang influencer dalam dunia fotografi mengaku tertarik dengan teknologi yang dihadirkan Huawei dalam smartphone terbarunya.

"Saya impressed dengan kemampuan untuk smartphone ini. Tajam, tidak ada noise, mudah untuk digunakan," ujarnya di Paris, Kamis (28/3/2019).

Beruntung, Tekno Liputan6.com mendapat kesempatan untuk menjajal kamera Huawei P30 Pro usai diluncurkan di Paris, Rabu, 27 Maret 2019. Bagaimana hasilnya?

Berhubung usai peluncuran hari sudah malam, kami langsung bermain-main dengan modus malam dari kamera ini. Hasilnya cukup memuaskan.

Waktu itu, kami dan rombongan menjajal kamera di kapal restoran yang mengelilingi sungai Seine,Paris. Kondisi saat itu sudah malam dengan goyangan arus air yang menabrak kapal. 

Jika menggunakan kamera biasa, tentu hasil yang didapat blur. Namun, dengan teknologi OIS kamera Huawei P30 Pro, gambar yang tertangkap layar hasilnya sangat baik. Menara Eiffel dan replika Patung Liberty replika pun sangat terlihat jelas.

Berikutnya, kami pun menjajal kehebatan teknologi zoom pada kamera ini. Lokasinya di sebuah restoran yang memiliki atap cantik nan tinggi. Berikut foto yang diambil dengan modus normal.

Namun engan zoom 10 kali, terlihat jelas motif kaca pada ujung atap. Hal ini karena diletakkannya periskop yang lebih panjang dibandingkan kamera lain pada lensa telephoto.

 

Wide dan Ultra Wide

Selanjutnya kami mencoba lensa wide dan ultra wide lensa P30 Pro. Terlihat beda cakupan yang ditangkap oleh layar.

Objek pemandangan kota dalam cakupan lensa wide dan ultra wide.

Objek pemandangan toko-toko dalam cakupan lensa wide dan ultra wide.

(Nia/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Direksi BUMN Terjaring OTT KPK, Ini Tanggapan Kementerian BUMN

Posted: 27 Mar 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kali ini tujuh orang dalam OTT di Jakarta, Rabu malam 27 Maret 2019 itu telah diamankan.

Dari ketujuh orang tersebut di antaranya diduga merupakan direksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu direksi PT Pupuk Indonesia.

Menanggapi hal ini, Kementerian BUMN menyatakan prihatin dan tidak mentolelir tindakan yang tidak bertangung jawab tersebut.

"Kementerian BUMN tidak mentolerir tindakan-tindakan yang mengarah kepada memperkaya perorangan atau kelompok atau golongan," tegas Deputi Bidang Industri Agro dan Farmasi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro kepada Liputan6.com, Kamis (28/3/2019).

Sampai saat ini Kementerian BUMN bersama dengan Pupuk Indonesia juga tengah mengumpulkan beberapa fakta untuk bisa melakukan tindakan lebih lanjut.

"Kami menghormati proses hukum yang saat ini sedang berjalan," tambah Wahyu.

Sebelumnya,  Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tujuh orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta, Rabu malam 27 Maret 2019.

Dari ketujuh orang tersebut di antaranya merupakan direksi PT Pupuk Indonesia. "Ada 7 orang yang diamankan sejauh ini, dari unsur Direksi BUMN (Pupuk Indonesia), pihak swasta dan driver," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat dikonfirmasi, Kamis 28 Maret 2019.

Penangkapan terhadap mereka lantaran diduga terlibat transaksi suap terkait distribusi pupuk. Suap melibatkan PT Pupuk Indonesia dan PT Humpuss Intermoda Transportasi.

"Diduga transaksi terkait dengan distribusi pupuk menggunakan kapal," kata Basaria.

Selain menangkap tujuh orang, dalam OTT ini, tim Satgas juga menyita uang tunai sebagai barang bukti suap. Saat ini tim penindakan masih menghitung nominal uang yang terdiri dari pecahan rupiah dan dolar Amerika Serikat tersebut.

"Tim juga mengamankan sejumlah uang dalam rupiah dan dolar. Saat ini pihak yang dibawa ke kantor KPK tersebut sedang dalam proses pemeriksaan secara intensif," kata Basaria.

 

KPK Tangkap Anggota DPR Terkait OTT Distribusi Pupuk

Juru Bicara KPK Febri Diansyah memberi keterangan terkait dugaan korupsi Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, Jakarta, Senin (30/4/). Dalam pengeledahan rumah Mustofa, KPK benyita sejumlah mobil dan uang sebesar 4 millyar. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap 1 anggota DPR pada Kamis dini hari 28 Maret 2019. Kegiatan tersebut terkait operasi tangkap tangan kasus distribusi pupuk melalui kapal.

"Dini hari tadi, KPK mengamankan 1 orang anggota DPR-RI," kata Juru bicara KPK Febri Diansyah, Kamis.

Dia mengatakan, saat ini sedang dalam proses pemeriksaan lebih lanjut di gedung KPK.

"Dengan demikian, sampai pagi ini sekitar 8 orang diamankan dalam OTT di Jakarta sejak Rabu sore (27 Maret) hingga Kamis dini hari (28 Maret)," tutur Febri.

Sebelumnya KPK menggelar operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta pada Rabu, 27 Maret 2019 malam. Dalam operasi senyap itu, tim penindakan mengamankan 7 orang.

"Ya benar, kemarin ada tim KPK yang kami tugaskan di Jakarta," ujar Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat dikonfirmasi, Kamis (28/3/2019) dini hari.

Basaria mengatakan, awalnya pihak KPK menerima informasi dari masyarakat akan terjadinya tindak pidana korupsi dari beberapa pihak. Setelah menerjunkan tim di lapangan, sebanyak tujuh orang berhasil diamankan.

KPK sempat menyebut tak ada anggota DPR RI yang ikut diamankan dalam operasi tangkap tangan tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bawaslu Temukan Dugaan Pelanggaran Kampanye Prabowo di Manado

Posted: 27 Mar 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Kampanye terbuka yang dilakukan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto di Manado, Minggu, 24 Maret 2019, berbuntut panjang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado menemukan adanya dugaan pelanggaran kampanye.

Ada atribut yang diduga sebagai bendera tauhid berkibar saat pelaksanaan kampanye Prabowo di Manado. Akibatnya, Bawaslu Kota Manado menindaklanjuti dengan membawa persoalan itu ke Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakumdu).

"Kami tidak melihat makna bendera. Tapi pelanggarannya, tidak boleh membawa atribut lain selain bendera parpol atau bendera capres-cawapres," ungkap Komisioner Bawaslu Kota Manado Taufiek Bilfaqih, ditulis Kamis (28/3/2019).

Dia mengatakan, dalam aturan sangat jelas bahwa tidak boleh membawa atribut lain di luar kampanye. "Jadi jangan mengaitkan hal lain dengan Pemilu," ujar Bilfaqih.

 

Aturan yang Dilanggar

Aturan yang dimaksud adalah Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 280. Bilfaqih mengatakan, dalam ketentuan itu disebutkan, pelaksana, peserta dan tim kampanye dilarang membawa atau menggunakan tanda gambar dan/atau atribut selain dari tanda gambar dan/atau atribut Peserta Pemilu yang bersangkutan.

"Bawaslu telah membahas hal ini bersama Tim Sentra Gamundu yang terdiri dari Kepolisian dan Kejaksaan. Kami juga meminta klarifikasi pihak pelaksana kampanye," katanya.

Bilfaqih menambahkan, saat pelaksanaan kampanye, pihaknya telah menegur dengan baik-baik, agar bendera itu diturunkan, karena tidak sesuai Undang-undang Pemilu Pasal 280 itu. Bukan karena itu bendera sensitif, tetapi karena aturan menyebutkan selain bendera parpol tidak boleh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Promosikan Akses Perth-Lombok Lewat Sales Mission

Posted: 27 Mar 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata memberikan dukungan penuh terhadap rute baru Air Asia yang menghubungkan Perth, Australia dengan Lombok, NTB. Kemenpar akan mempromosikan rute ini melalui Indonesia Tourism Sales Mission di Perth, Australia Barat, pada 28 Maret 2018. Event ini juga melibatkan pelaku wisata dari NTB. Selain mempromosikan pembukaan rute baru, kegiatan ini juga untuk mendukung recovery Lombok pasca gempa.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani mengatakan, Sales Mission juga menjadi ajang untuk meningkatkan jejaring dan kontak bisnis antara seller Indonesia dan buyer Australia. Harapannya, kegiatan ini akan berdampak pada peningkatan penjualan paket wisata Indonesia di Negara Kanguru.

Tak kalah penting, kegiatan ini juga menjadi momen untuk mempromosikan rute baru penerbangan langsung Perth-Lombok oleh maskapai Air Asia yang akan memulai penerbangan perdananya pada 9 Juni mendatang. Tiket penerbangan jalur tersebut sudah bisa dipesan mulai Kamis (14/3) lalu dengan harga khusus. Hal ini diharapkan menjadi angin segar bagi sektor pariwisata Lombok, dan Nusa Tenggara Barat pada umumnya.

"Dibukanya penerbangan langsung Air Asia rute Perth-Lombok, merupakan bentuk ikhtiar kita semua untuk membangkitkan dan menggairahkan kembali perekonomian masyarakat Nusa Tenggara Barat melalui sektor pariwisata," ujarnya, Kamis (21/3).

Rencananya, Sales Mission tersebut akan diikuti 14 sellers asal Lombok. Termasuk dari pihak maskapai penerbangan Air Asia, serta perwakilan dari BPPD NTB dan GIPI.

Rizki Handayani menambahkan, Australia merupakan salah satu pasar potensial. Pasar yang harus terus digarap melalui beragam upaya promosi. Termasuk melalui misi penjualan.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia sepanjang tahun 2018 menempati posisi lima besar, dengan angka 1,3 juta atau 8,23 persen dari total wisman.

Menteri Pariwisata Arief mengatakan, penetrasi pasar wisatawan mancanegara (wisman) akan terus dilakukan Kemenpar untuk mengejar target 20 juta wisman pada tahun 2019. Tak terkecuali Australia yang mempunyai potensi pasar yang cukup menjanjikan.

Menpar Arief Yahya menyebutkan strategi promosi Wonderful Indonesia memang melalui tiga hal, yang biasa disebut BAS. Branding, advertising, dan selling. Sales Mission ini adalah bagian dari selling, selain pameran dan famtrip yang selalu digelar oleh Kemenpar.

"Ketiga strategi itu harus connect sampai menghasilkan wisman. Itu harus kita maksimalkan di setiap kesempatan. Terlebih momentumnya pas ketika nama pariwisata Indonesia sedang bersinar," jelas Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berhasil Tembak Jatuh Satelit, PM India: Ini Prestasi Luar Biasa

Posted: 27 Mar 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Perdana Menteri India Narendra Modi dengan bangga mengumumkan pada Rabu, 27 Maret 2019 bahwa India telah sukses menembak jatuh sebuah satelit di angkasa luar, menggunakan sebuah rudal buatan dalam negeri.

Keberhasilan itu menempatkan India sebagai negara keempat setelah Amerika Serikat, Rusia dan China; yang menggunakan senjata penyerang satelit.

Rudal anti-satelit India tersebut ditembakkan dari fasilitas pengujian di Odisha, India timur.

"Ilmuwan kami menembakkan satelit langsung sejauh 300 km di ruang angkasa, di orbit rendah bumi," kata Modi, Rabu, dalam pidato nasional pertelevisian pertamanya sejak akhir 2016, sebagaimana dikutip dari Channel News Asia pada Rabu (27/3/2019).

"India telah membuat prestasi yang luar biasa hari ini," katanya, berbicara dalam bahasa Hindi. "India mendaftarkan namanya sebagai kekuatan angkasa luar," lanjutnya.

Senjata anti-satelit tersebut bermanfaat bagi keamanan nasional, memungkinkan serangan terhadap satelit musuh. Bahkan senjata itu dapat membutakan atau mengganggu komunikasi, serta menyediakan basis teknologi untuk mencegat rudal balistik.

Selain untuk keamanan, tes terbaru itu bertujuan melindungi aset India di ruang angkasa dari serangan asing. Sebagaimana diketahui bahwa India telah memiliki aset besar program luar angkasa selama bertahun-tahun, dengan biaya yang tidak kecil. Bahkan New Delhi juga telah berhasil mengirim penyelidikan berbiaya rendah ke Mars pada tahun 2014 dan merencanakan misi luar angkasa berawak untuk tahun 2022.

"Kemampuan yang dicapai melalui uji coba rudal anti-satelit memberikan pencegahan yang dapat diandalkan terhadap ancaman terhadap aset berbasis ruang angkasa kami yang tumbuh dari rudal jarak jauh, dan proliferasi dalam jenis dan jumlah rudal," kata kementerian luar negeri dalam pernyataannya.

Brahma Chellaney, seorang pakar keamanan di Pusat Riset Kebijakan New Delhi, mengatakan Amerika Serikat, Rusia, dan China sedang mengejar senjata anti-satelit (ASAT).

"Ruang (angkasa) sedang berubah menjadi medan pertempuran, membuat kemampuan ruang angkasa sangat kritis. Dalam hal ini, keberhasilan India dalam 'membunuh' dengan menggunakan senjata ASAT sangat penting," kata Chellaney.

Seorang staf senior di Institut untuk Studi dan Analisis Pertahanan yang didanai pemerintah di New Delhi, Ajay Lele, mendorong India untuk terus mengembangkan kemampuan anti-satelitnya melalui uji China.

Hal itu mengingat, Tiongkok telah berhasil menghancurkan satelit pada 2007, menciptakan awan puing orbital terbesar dalam sejarah, dengan lebih dari 3.000 objek, sebagaimana disebutkan oleh Secure World Foundation.

 

Simak pula video pilihan berikut:

 

Rusia Klaim Pertahanan AS Bisa Jadi Debu Karena Rudalnya

Ada Kepentingan Politik?

PM India Narendra Modi tiba di Bandara Internasional Ministro Pistarini, Buenos Aires, Argentina, Rabu (28/11). Narendra tiba di Argentina untuk menghadiri KTT G20. (AP Photo/Martin Mejia)

Pengumuman keberhasilan misi angkasa luar India ini diumumkan di tengah panasnya kontestasi politik di Negeri Bollywood. Sejumlah partai oposisi pemerintah melihat hal ini secara skeptis.

Baru-baru ini, mereka melancarkan protes terhadap tindakan sang petahana. Mereka mengajukan keluhan kepada Komisi Pemilihan Umum, menganggap Modi berusaha meraup keuntungan politik dari program ruang angkasa.

Perlu diketahui bahwa sebelum memberikan pengumuman, Modi telah terlebih dauhulu menyerukan kepada pengikutnya di Twitter untuk menyaksikan "pengumuman penting".

Belum terdapat tanggapan dari komisi pemilihan maupun tim kampanye Modi atas keluhan tersebut.

Terlepas dari protes oposisi, pemimpin Partai Kongres, Rahul Gandhi, tetap memberikan selamat kepada para ilmuwan bidang pertahanan untuk program rudal anti-satelit yang berhasil tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persebaya vs Tira Persikabo: Bajul Ijo Waspadai Gelandang Jebolan Genoa

Posted: 27 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persebaya Surabaya akan menjamu Tira Persikabo pada babak delapan besar Piala Presiden 2019. Laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jumat (29/3/2019) ini, akan disiarkan Indosiar.

Sementara itu, gelandang Tira Persikabo, Louisse Essengue Eloumu Parfait, menjadi satu diantara pemain yang diwaspadai Persebaya.

Essengue Parfait adalah pemain asing Tira Persikabo yang berasal dari Kamerun. Ia merupakan jebolan klub Serie A Italia, Genoa. Namun, musim lalu ia bermain untuk klub Macedonia Utara, Sileks FC.

"Kalau saya lihat secara tim, individu-individu Tira semuanya bagus, di samping Osas (Saha), (Essengue) Parfait, kemudian ada Ciro (Henrique), kemudian stiker ada (Loris) Arnaud," ungkap pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman.

"Belum lagi yang di belakang ada Abduh (Lestaluhu) yang rajin naik. Semuanya berkualitas, Wawan (Febrianto) juga cukup menyulitkan, saya tau dia," tegas pelatih yang akrab disapa Djanur ini.

Pantang Diremehkan

Striker Persebaya, Amido Balde, berusaha melewati hadangan pemain Tira Persikabo pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalakl Harupat, Soreang, Bandung, Selasa (12/3). Persebaya bermain imbang 0-0  atas Tira Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Dengan komposisi yang dimiliki oleh Tira Persikabo, Djanur menegaskan bahwa tim berjuluk The Young Warriors tersebut tidak boleh dianggap remeh oleh Ruben Sanadi dan kawan-kawan.

"Semuanya secara tim bagus, tidak ada kata kita untuk menganggap enteng mereka," tegas Djanur.

Mesin Gol

Sebelumnya, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman menyoroti mesin gol Tira Persikabo, Osas Saha. Striker naturalisasi itu menjadi top scorer timnya di Piala Presiden 2019 dengan mencetak tiga gol. Sama dengan raihan gelandang serang Persebaya, Manuchehr Jalilov.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Gemas, Kuda Kecil Ini Mengira Boneka Beruang adalah Ibunya

Posted: 27 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan kamu diikuti oleh anak kucing dan anjing? Biasanya mereka mengikutimu karena mengira kamu ibunya. Hal ini sudah seperti naluri alami hewan, di mana yang ia lihat pertama akan dianggap sebagai ibunya.

Seperti kuda poni di Inggris yang mengira boneka beruang adalah ibunya. Kuda poni kecil ini bernama Breeze.

Beberapa waktu lalu petugas penyelamat di Dartmoor National Park dikejutkan oleh seekor anak kuda poni yang dikira sudah mati. Tapi ternyata kuda kecil itu baru saja lahir dan pingsan akibat menderita dehidrasi berat, seperti yang Liputan6.com lansir dari Daily Mail, Kamis (28/3/2019). 

Anak kuda malang itu ternyata kehilangan ibunya. Para penyelamat segera membawa Breeze ke tempat suaka kuda di Devon, Inggris, di mana mereka merawatnya.

Breeze Membutuhkan Sang Ibu

Kuda Breeze (sumber: dailymail)

Sebagai bayi mamalia, Breeze tentu membutuhkan kehadiran ibunya untuk memberi perlindungan dan kasih sayang. Namun sayang, dirinya harus kehilangan sang ibu.

Di taman nasional tempatnya lahir, bayi kuda poni yang kehilangan ibunya ini berjuang mencari ibunya. Naluri alami kuda mirip seperti manusia, ingin berada di dekat ibunya untuk mendapat kasih sayang.

Tim taman nasional sudah berusaha mencari keberadaan ibu Breeze, tetapi tidak ditemukan. Anak kuda poni itu akhirnya dirawat dengan infus, obat-obatan dan susu.

"Sayang sekali Breeze tidak punya ibu untuk merawatnya," ujar Syra Bowden, direktur eksekutif taman nasional. "Mereka (anak kuda) sama seperti bayi manusia, ingin mendapatkan kasih sayang," lanjutnya.

Seminggu kemudian, kesehatan Breeze sedikit membaik, tetapi dia masih sangat tertekan.

Aksi Gemas Breeze dan Boneka Beruang

 

Oleh karena itu, tim medis taman nasional memberikan mainan untuk Breeze agar dia bisa merasa nyaman. Upaya tim membuahkan hasil, Breeze tampak nyaman dengan sebuah boneka beruang yang berukuran besar.

Boneka beruang itu seolah bisa menggantikan kehangatan dan kenyamanan dari ibu yang dicari. Beberapa foto menunjukkan bagaimana Breeze tidur di pangkuan boneka beruang, mengendus wajah boneka dan bisa bermanja-manja dengan boneka.

Aksi Breeze yang bermanja-manja dengan boneka beruang ini sungguh menggemaskan. Walaupun boneka itu hanya benda mati, cinta bisa datang dari media apapun.

Dengan kenyamanan yang didapat, kesehatan Breeze juga semakin lama semakin baik. Syra Bowden mengatakan bahwa kondisi Breeze sangat menyedihkan saat pertama kali ditemukan. Tetapi sekarang ia sudah makin sehat dan terus tumbuh menjadi anak kuda yang kuat.

Breeze Menjadi Kuda yang Sangat Aktif

Kuda Breeze (sumber: dailymail)

Sebulan kemudian, tempat suaka kuda membuat video Breeze. Di mana mereka mengungkapkan bahwa Breeze melewati semua dengan baik.

Dia lebih aktif dan suka bermain di lapangan dengan anak-anak kuda lainnya. Salah seorang penyelamat juga mengatakan bahwa dia sering mendapat masalah.

Dia suka mengambil batu dan tongkat, yang harus diambil para pekerja dari mulutnya. Setelah awal yang sulit, kepribadian suram Breeze mulai bersinar kembali.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesawat yang Ditumpangi Hampir Jatuh, Keanu Reeves jadi Pahlawan

Posted: 27 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Sosok Keanu Reeves kerap membintangi karakter sebagai pahlawan di hampir setiap filmnya. Namun kali ini aktor 54 tahun itu benar-benar menjadi pahlawan di kehidupan nyata.

Menurut laporan USA Today, Keanu Reeves adalah salah satu penumpang penerbangan dengan maskapai United Express pada hari Sabtu (23/3/2019) dengan tujuan San Fransisco ke Los Angeles. Sayangnya pesawat tersebut harus mendarat darurat di California.

Keanu Reeves pun langsung cepat tanggap. Ia memimpin penumpang lainnya untuk mencari cara menuju Los Angeles. Kebetulan lokasi mendarat mereka di Bakersfield yang lebih kurang 160 km dari LA.

Kisah Keanu Reeves dan penumpang lainnya ini kemudian diabadikan oleh Bria Rea di Instagram Story-nya. Brian merupakan seorang kartunis freelance untuk harian The New York Times. Setelah ramai di Instagram, video Keanu ini pun juga ramai dibicarakan dan diposting di Twitter.

Setelah mendarat darurat, ada pengumuman bahwa penumpang akan melanjutkan perjalanan dengan bus. Dari video yang diunggah di Insta Story, kita bisa melihat Keanu Reeves tampak berdiskusi dan memimpin penumpang lainnya sambil menunggu barang bawaan mereka.

Menenangkan Penumpang

Keanu Reeves (AFP/Bintang.com)

Video lainnya menunjukkan Keanu Reeves tampak duduk di dalam van dengan penumpang lainnya. Aktor film John Wick membaca fakta soal Burbank sambil memutar musik country dari ponselnya.

Beberapa penumpang pun sempat foto bareng dengan Keanu Reeves dan memposting kebersamaan mereka di Twitter. Seperti contohnya pemilik akun @CheesyJedi.

Masalah Mesin

Keanu Reeves(FREDERIC J. BROWN  AFP)

"Ketika penerbanganmu dari #GDC hampir jatuh dan harus mendarat darurat di bandara terpencil, tapi paling tidak Keanu Reeves juga punya hari yang buruk sepertimu," kata pemilik akun tersebut.

Sementara itu menurut perwakilan SkyWest, pesawat harus mendarat darurat di Bakersfield karena ada masalah mesin. Walaupun begitu pesawat mendarat dengan selamat tanpa insiden apapun. SkyWest adalah perusahaan yang mengurusi maskapai United Express, yang pesawatnya ditumpangi oleh Keanu Reeves. (Rahmi Safitri/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harap Revisi KUHP Rampung 2019, Yasonna: Malu Masih Pakai Hukum Belanda

Posted: 27 Mar 2019 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H Laoly berharap pembaharuan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) bisa rampung pada 2019. Sebab, hukum yang digunakan hingga saat ini merupakan warisan dari masa kolonial Belanda dan sudah perlu direvisi sesuai perkembangan zaman.

"Saya berharap tahun ini bisa kita selesaikan. Malu kita sebagai bangsa kalau kita masih menggunakan hukum pidana yg 100 tahun lalu masuk 1915, masuk Indonesia sekarang sudah 100 berapa tahun," tutur Yasonna di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Untuk itu, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar seminar nasional arah kebijakan pembaharuan hukum pidana bertajuk 'Sumbangan Pemikiran Multidisiplin Ilmu Terhadap Perkembangan Hukum Pidana' dan mengundang banyak pakar.

"Nah maka saya kira ini merupakan kontribusi. Ini multidisiplin berbagai ilmu pengetahuan, kriminologi, IT, psikologi, dan lain-lain, semua kita ambil," jelas dia.

 

Visioner

Meski hukum pidana warisan zaman kolonial Belanda akan direvisi, lanjut Yasonna, pemerintah juga mesti berkaca dengan produk undang-undang yang digunakan hingga ratusan tahun itu. Perancang pembaharuan KUHP juga mesti visioner.

"Menjangkau keutuhan hukum nasional, sistem nilai kita harus terakomodasi. Nilai masyarakat harus dianut dalam hukum kita. Tapi pada saat yang sama jangkauan ke depannya, prediksi ke depannya, jenis-jenis perbuatan pidana yang mungkin terjadi ke depan itu seperti apa," kata Yasonna.

"Maka jangan sampai hukum pidana kita baru masuk 20 tahun sudah harus direvisi lagi. Maka ini betul-betul yang sangat kita harapkan bersama," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk ke Nunukan ! Fitri Carlina Bakal Goyang Crossborder

Posted: 27 Mar 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Nunukan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dijamin bakal memanas akhir April mendatang. Sebab, penyanyi dangdut papan atas Indonesia Fitri Carlina sudah dijadwalkan tampil di Festival Crossborder Nunukan. Event ini akan dilangsungkan di GOR Dwikora, Nunukan, 27-28 April. Fitri tidak sendiri. Ia akan perform bersama penyanyi dangdut laannya, Lilis Darawangi. Jadi, segera atur perjalanan kalian ke Nunukan.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Adella Raung, menjamin pelaksanaan Festival Crossborder Nunukan 2019 akan meriah. Nama besar Fitri Carlina adalah jaminannya. Penyanyi dangdut asal Banyuwangi ini dikenal pintar merangkul massa dan membuat kehebohan.

"Saya rasa, nama besar Fitri Carlina adalah jaminan mendatangkan massa. Karena aksi dan lagu-lagunya sudah sangat dikenal di masyarakat. Selain itu, Fitri juga sudah beberapa kali tampil di festival crossborder. Namanya sudah sangat akrab disini. Jadi sayang sekali untuk dilewatkan," tutur Adella, Rabu (27/3).

Di kancah musik Tanah Air, nama Fitri Carlina sudah sangat dikenal. Adik kandung Nini Carlina ini memiliki nama asli Fitri Dian Puspita ia lahir di Banyuwangi, 29 Mei 1987. Nama Fitri Carlina mulai melejit saat ia menyanyikan lagu 'SMS' menggunakan bahasa Jawa. Namanya semakin berkibar setelah merilis lagu 'ABG Tua'.

Sedangkan Kabid Pemasaran Area III Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Sapto Haryono menambahkan, keseruan yang akan terjadidi Nunukan bukan hanya dari penampilan Fitri Carlina.

"Fitri Carlina memang bintang utama. Tapi seperti biasa kita juga memiliki banyak kegiatan yang akan melibatkan masyarakat dan pelaku UMKM di sekitar Nunukan. Makanya kita menjamin festival crossborder di Nunukan ini akan ramai,"kata Sapto.

Selain konser musik, Festival Crosaborder Nunukan akan menyajikan tarian tradisional. Ada juga pameran produk kerajinan fashion dan kuliner. Anak-anak muda juga dilibatkan dalam turnamem futsal dan basket.

"Dari berbagai kegiatan itu, bisa dilihat jika sangat serius menggelar Festival Crossborder Nunukan. Karena berbagai lapisan masyarakat kita libatkan secara aktif. Termasuk juga anak-anak muda. Festival ini akan menjadi milik masyarakat," kata Sapto.

Sedangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya menegaskan jika cross-border menjadi fokus utama Kemenpar untuk membantu realisasi target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara.

"Cross-border masuk dalam kelompok Super Extra Ordinary. Yang artinya, menjadi fokus utama kita untuk mendatangkan wisatawan mancanegara. Kita memainkan unsur kedekatan. Karena itu yang bisa membuat wisatawan border datang, selain karena atraksi yang kita gelar," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Pekan ke-29: AC Milan Berpeluang Masuk 3 Besar

Posted: 27 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Italia telah memasuki pekan ke-29. AC Milan berambisi meraih kemenangan melawan Sampdoria demi menjaga peluang finis di empat besar.

AC Milan kalah 2-3 dari Internazionale pada Liga Italia sebelumnya. Mau tak mau, tim asuhan Gennaro Gattuso membidik kemenangan di laga melawan Sampdoria.

Secara statistik, AC Milan punya kans untuk memetik tiga poin. Dari lima pertemuan terakhir, AC Milan meraih tiga kemenangan, dan kalah dua kali.

Namun AC Milan patut waspada. Pasalnya, satu dari dua kekalahan itu terjadi di saat AC Milan bertandang ke markas Sampdoria.

Selain Sampdoria vs AC Milan, Liga Italia pekan ke-29 akan mempertemukan Juventus vs Empoli.

Berikut jadwal Liga Italia selengkapnya:

 

 

Jadwal

Gelandang AC Milan, Hakan Calhanoglu memuji peran Gennaro Gattuso dalam kariernya. (MIGUEL MEDINA / AFP)

Sabtu (30/3/2019)

02:30 WIB, Chievo vs Cagliari

21:00 WIB, Udinese vs Genoa

Pemain AC Milan rayakan gol yang dicetak Frank Kessie yang pastikan kemenangan  kontra Parma dalam laga lanjutan giornata ke-14 Serie A yang berlangsung di stadion San Siro, Milan, Minggu (2/12). AC Milan menang 2-1. (AFP/Miguel Medina)

Minggu (31/3/2019)

00:00 WIB, Juventus vs Empoli

02:30 WIB, Sampdoria vs AC Milan

17.30 WIB, Parma Vs Atalanta

20.00 WIB, Roma Vs Napoli

20.00 WIB, Frosinone Vs SPAL

20.00 WIB, Fiorentina Vs Torino

23.00 WIB, Bologna Vs Sassuolo

Senin (1/4/2019)

01.30 WIB Inter Milan Vs Lazio

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampilan Hijaber Berdarah Indonesia Curi Perhatian Media Internasional

Posted: 27 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Rahmalia Aufa Yazid, hijaber berdarah Indonesia yang muncul di sebuah unggahan di akun Instagram Buzzfeed World, @world, beberapa waktu lalu. Penampilan unik nan inspiratif Rahmalia jadi sebab lampu sorot atensi ini.  

Pihak Buzzfeed menjelaskan di keterangan foto bahwa pada bulan Maret, mereka bekerja sama dengan Instagram mencari sosok perempuan yang memberi efek nyata pada komunitas lokal lewat media sosial berbasis sharing foto dan video tersebut.

Dilansir dari Buzzfeed News, Kamis (28/3/2019), lahir dan besar di Tokyo, Jepang, Rahmalia mengaku tak sebegitu merasakan nuansa Islami. Soal kepercayaan, sebagian besar panduan didapatkan dari kedua orangtuanya.

Kendati tak ada paksaan dari mereka untuk berhijab, jauh di lubuk hati, Rahmalia mengaku selalu tahu bahwa nantinya ia akan memutuskan berhijab. Langkah yang kemudian diambil di usia 18 tahun, sekitar enam tahun lalu.

"Aku merasa hijab adalah busana yang melambangkan agama. Jadi, aku sangat berhati-hati memilih busana untuk merepresentasikannya," tutur sang hijaber. Di saat bersamaan, Rahmalia juga tak ingin mengekang kreasi dalam berbusana dengan tetap mengikuti syariat agama.

Rahmalia Aufa Yazid, hijaber asal Indonesia yang pikat perhatian media internasional. (dok. Instagram aufatokyo/https://www.instagram.com/p/BbEiy3YgQur/Asnida Riani)

Di masa awal berhijab, Rahmalia bercerita bahwa dirinya sempat merasa stuck. Ia ketingakan tren busana Jepang dan merasa seperti orang luar di sekolah, di mana Rahmalia merupakan satu-satunya perempuan berhijab di jurusan yang diambilnya.

"Tidak hanya soal label orang asingr, tapi lebih pada busanaku yang secara konsisten merupakan hijab lama ibuku dan baju yang sangat berbeda dengan busana populer di Jepag saat itu," tuturnya.

Seiring waktu bergulir, perubahan pun datang ketika ia 'mengenal' Hana Tajima, seorang desainer blasteran Jepang-Inggris yang masuk Islam di usia remaja. Setelah melihat koleksi Uniqlo modest wear Hana, Rahmalia mengubah perspektifnya.

"Itu adalah momen di mana hijab berganti jadi fashion item yang sangat personal untukku. Pertama kalinya aku merasa benar-benar tidak salah tempat dengan memakai hijab," ujar salah seorang hijaber berdarah Indonesia tersebut.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gaya Unik nan Inspiratif Rahmalia Aufa Yazid

Rahmalia Aufa Yazid, hijaber asal Indonesia yang pikat perhatian media internasional. (dok. Instagram aufatokyo/https://www.instagram.com/p/BtvQmFSBS3i/Asnida Riani)

Sekarang, Rahmalia memadukan hijab dengan fashion ala Jepang. Ia mendeskripsikan Tokyo sebagai kota dingin dan tak pernah tidur, di mana kebanyakan orang memakai warna netral macam hitam, putih, beige dan khaki. Jarang sekali ada yang mau memakai warna cerah dan motif-motif ramai.

Penyesuaian yang dilakukan Rahmalia berupa dirinya yang menata hijab bak rambut ala orang Jepang, dari lurus, bob, bergelombang, sampai potongan pendek, untuk dipadukan dengan outfit dan mood hari itu.

Sebagai contoh, dalam sebuah foto yang dibagikan Rahmalia di akun Instagram-nya, @aufatokyo, ia tampak menata hijab dengan mengesankan volume hanya di satu sisi. Penataannya dibuat bergelombang bak rambut.

"Aku juga menambahkan akseoeri untuk membuat tatanannya terlihat lebih hidup. Aku suka memakai topi. Jadi, aku cukup sering memakai beret di atas hijab," katanya.

Rahmalia Aufa Yazid, hijaber asal Indonesia yang pikat perhatian media internasional. (dok. Instagram aufatokyo/https://www.instagram.com/p/BbEiy3YgQur/Asnida Riani)

Bagi Rahmalia, aturan Islam yang melarang perempuan memperlihatkan kulit di sejumlah bagian tubuh adalah bagian yang paling ia gemari perihal berbusana. Aturan itu membuatnya harus kreatif dalam menciptakan satu look menarik. "Seperti memecahkan puzzle," tuturnya.

Rahmalia mengatakan, perubahan yang dilakukan membuatnya merasa keyakinan pada Islam bertambah di negara notabene minoritas Muslim. Ia ingin menunjukkan bahwa memakai hijab tidak jadi alasan untuk tak hidup normal di sebuah kota.

Ia juga menerima banyak komentar yang mengaku terinspirasi dari penampilannya. Beberapa dari mereka mulai ikut memakai hijab, sementara sisanya mengatakan bahwa mereka ingin belajar lebih dalam tentang Islam.

"Aku ingin apa yang sudah ku lakukan bisa membantu lebih banyak orang untuk mengerti Islam, mengubah pandangan bias tentang agamaku, dan membantu orang menyadari nilai kehidupan di sebuah lingkungan sarat keberagaman," tutupnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng UI, Tokopedia Luncurkan Pusat Pengembangan Kecerdasan Buatan Pertama di RI

Posted: 27 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tokopedia bersama Universitas Indonesia (UI) meluncurkan Tokopedia-UI AI Center of Excellence.

Tokopedia-UI AI Center of Excellence ini merupakan pusat pengembangan kecerdasan buatan atau artificial inteligence (AI) pertama di Indonesia, dengan menggunakan teknologi super-komputer deep learning dari NVIDIA.

CEO Tokopedia, William Tanuwijaya mengatakan, ada AI Center of Excellence ini akan mendorong para akademisi dan peneliti dalam memanfaatkan teknologi, khususnya AI agar dapat menghasilkan solusi bagi masalah yang terjadi di masyarakat dan industri.

"Hari ini kami mengumumkan kolaborasi kami dengan Universitas Indonesia untuk menjembatani pelaku akademi dan periset bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan agar dapat mendorong riset pengembangan AI demi pemberdayaan dan kemajuan bangsa," ujar dia di Universitas Indonesia, Depok, Kamis (28/3/2019).

Dia menuturkan, melalui kolaborasi tersebut, peneliti dari UI akan mengembangkan solusi berbasis AI untuk menghadirkan solusi bagi masalah yang terjadi di tengah masyarakat dan industri, termasuk industri e-commerce, seperti masalah logistik, manajemen risiko, keamanan siber, serta pembayaran.

"Kami percaya bahwa teknologi seharusnya menjadi enabler yang memberdayakan masyarakat dan tidak menjadi disruptor," kata dia.

Sementara itu, Rektor UI Muhammad Anis berharap, kolaborasi antara dunia pendidikan tinggi dan industri ini dapat mencetak lulusan yang unggul di bidang teknologi dan siap berkompetisi secara global.

"Kolaborasi yang sarat dengan teknologi tingkat tinggi ini diharapkan dapat menstimulasi semangat berinovasi bagi sivitas akademika UI untuk menghasilkan temuan riset berkelas demi kemajuan perekonomian bangsa ke tingkat berikutnya," tandas dia.

 

Tokopedia Dapat Kucuran Dana Segar Rp 16 Triliun

Ilustrasi belanja Online (iStockphoto)​

Sebelumnya, Tokopedia mengumumkan perolehan putaran pendanaan baru sebesar US$ 1,1 miliar atau berkisar Rp 16 triliun.

Babak investasi baru ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Grup, dengan partisipasi SoftBank Ventures Korea, serta investor-investor terdahulu.

Tokopedia berencana menggunakan dana tersebut untuk mengembangkan teknologi dan infrastruktur di Indonesia. Hal ini bertujuan mendukung ekosistem perdagangan, logistik, fulfillment, pembayaran dan layanan keuangan Tokopedia.

"Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus membangun marketplaceterbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik dan diigital. Memasuki tahun ke sepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) di mana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan kami, akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline," ungkap CEO sekaligus co-founder Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan resminya, Rabu 12 Desember 2018.

Fokus baru ini dinilai akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia, sekaligus meningkatkan efisiensi operasional bagi jutaan bisnis dan mitra dalam ekosistemnya.

Selain itu, juga akan mengakselerasi terwujudnya misi besar perusahaan untuk melakukan pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukungan Alim Ulama kepada Jokowi

Posted: 27 Mar 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasangan Calon Presiden (Capres) - Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, mendapatkan banyak dukungan dari kalangan alim ulama termasuk sejumlah habib, kiai, dan santri Nusantara. Salah satu dukungan dimaksud, berasal dari Habib Ahmad Ja'far Salim Alkaff.

Simak videonya di sini

Habib Ahmad Ja'far berpendapat, bahwa Jokowi adalah orang baik karena tidak membeda-bedakan manusia. "Jokowi tidak mengenal siapa pun. Tidak kenal lawan dan kawan, semuanya dia hafal. Demi apa? Demi bangsa dan tanah air dan keutuhan persatuan dan persaudaraaan yang luas," ujar Habib Ahmad Ja'far.

Nama Jokowi sendiri, menurut Habib Ahmad Ja'far, berasal dari salah satu Asmaul Husna yakni Al-Qawiy yang berarti Yang Maha Kuat. Dengan entitas tersebut, Habib Ahmad Ja'far yakin jika Jokowi memang sosok yang kuat iman dan prestasi kerjanya.

"Kali ini saya anjurkan keluarga saya, saya anjurkan kalau kalian mau memilih, silakan pilihlah orang yang dikenal dengan Jokowi dan kebetulan dari kalimat "Jaa Al-Qawi (datang orang yang kuat)," kata Habib Ahmad Ja'far dalam video yang beredar.  

Habib Ahmad Ja'far yakin, Jokowi yang didampingi oleh Ma'ruf Amin, yang memiliki arti orang baik dan amanat, bisa menjadikan Indonesia bersyariah tanpa ada khilafah. Ma'ruf Amin juga dikenal sebagai ahli ekonomi syariah. Maka dari itu, Habib Ahmad Ja'far pun menyinggung pihak yang mengaku khalifah tetapi justru memiliki maksud tersirat untuk menciptakan malapetaka dan keburukan. "Karena itu, Bangsa Indonesia yang ingin bahagia, tenteram, dan selamat dunia akhirat, saya yakin ada di nomor satu," kata Habib Ahmad Ja'far bak menegaskan.

Sementara itu, dukungan datang juga dari Habib Ja'far Alkaff, yang merupakan seorang tokoh berpengaruh di kalangan ulama, nahdliyin, dan santri. Pada 5 Februari 2018, Habib Ja'far Alkaff sempat menerima kedatangan Ma'ruf Amin, Cawapres #01, yang datang ke kediamannya di Semarang, Jawa Tengah.

Habib Ja'far Alkaff mendoakan Joko Widodo bersama Ma'ruf terpilih menjadi presiden dan wakil presiden di Pemilu 2019. Habib Ja'far juga mendoakan Jokowi-Amin agar dikenal dengan baik oleh orang-orang yang selama ini berprasangka buruk. "Pak Jokowi dadekna ping pindo (Pak Jokowi dijadikan untuk kedua kalinya). Negoro aman, makmur, berkah, tentrem, ayem tenan, rukun kabeh," panjat Habib Ja'far Alkaff saat berdoa.

Sebelumnya, Jokowi-Amin mendapatkan dukungan dari kiai dan santri, melalui kelompok Relawan Kiai dan Santri Nusantara yang diketuai oleh KH Syamsul Maarif dari Pengasuh Quranic Studies Program. KH Syamsul mengatakan sepak terjang dan kepemimpinan Jokowi dan Ma'ruf Amin, sudah teruji. Apalagi, keduanya mempunyai pengalaman yang luas serta memiliki segudang karya nyata yang manfaatnya dirasakan oleh seluruh komponen bangsa.

Kalangan santri, ulama, hingga tokoh agama, tentunya memahami bagaimana karakter pemimpin terbaik sesuai dengan teladan dalam Islam yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Tak ayal bisa disimpulkan, dengan adanya pelbagai dukungan, Jokowi bisa menjalankan kepercayaan kembali memimpin Indonesia satu kali lagi. (Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pengunjuk Rasa Palestina Lempari Tentara Israel dengan Bom Molotov

Posted: 27 Mar 2019 09:11 PM PDT

Tentara Israel mengejar pengunjuk rasa saat kendaraan militer mereka terbakar oleh lemparan bom molotov warga Palestina di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Tentara Israel mengejar pengunjuk rasa saat kendaraan militer mereka terbakar oleh lemparan bom molotov warga Palestina di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat bentrokan dengan pasukan Israel di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat bentrokan dengan pasukan Israel di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat bentrokan dengan pasukan Israel di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat bentrokan dengan pasukan Israel di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat bentrokan dengan pasukan Israel di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

Pengunjuk rasa Palestina membakar ban saat bentrokan dengan pasukan Israel di pinggiran Kota Ramallah, Tepi Barat, Rabu (27/3). Bentrokan ini sebagai bentuk protes terhadap tahanan Palestina yang berada di Israel. (AP Photo/Majdi Mohammed)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Potret Cowok Ganteng Lagi Baca Buku di MRT Ini Bikin Terpesona

Posted: 27 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) pada akhir pekan lalu menjadi bahasan yang banyak diperbincangkan warganet. Meski baru rampung fase 1 dengan jalur Lebak Bulus - Bundaran HI, namun masyarakat Jakarta sudah bisa menaiki transportasi kereta cepat ini. Bagi Indonesia MRT memang merupakan transportasi yang baru.

Tapi tidak untuk negara tetangga, contohnya Singapura, negara kecil ini bahkan sudah mengoperasikan MRT sejak tahun 1987. Tak kalah dari Indonesia, potret penumpang MRT Singapura juga baru-baru ini menjadi sorotan. Bukan karena kelakuannya yang buruk, melainkan ada sosok cowok ganteng yang terpotret di MRT dan menjadi sorotan warganet.

 

Pada foto yang viral di media sosial, memperlihatkan foto seorang pria berkemeja putih sedang duduk di kursi kereta. Wajahnya yang sekilas terlihat ganteng dan tampilannya yang klimis membuat warganet terpesona. Kemudian teka-teki siapa identitas pria ganteng ini mulai terungkap. Pria ganteng itu diduga bernama Henryk Abucewicz.

Namun, cowok ganteng lagi baca buku di MRT bukan hanya Henryk Abucewicz, ada banyak cowok lainnya. Berikut Liputan6.com rangkum dari Instagram @hotdudesreading, Kamis (28/3/2019) 7 potret cowok ganteng lagi baca buku di MRT yang bikin pangling orang melihatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lebih dari 144 Ribu Surat Suara Rusak di NTT

Posted: 27 Mar 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KPU Belu, NTT telah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Hampir 150.000 surat suara ditemukan rusak, mulai dari sobek hingga tinta yang rembes.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Boeing Klaim Telah Perbaiki Sistem Pesawat 737 MAX, Ini Penjelasannya

Posted: 27 Mar 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pasca-terjadinya dua insiden kecelakaan pesawat terbang dengan tipe sama, yakni Lion Air JT610 pada Oktober 2018 dan Ethiopian Airlines ET302 baru-baru ini; Boeing mengklaim telah memperbaiki 737 MAX.

Dalam sebuah pernyataan pada Rabu, 27 Maret 2019, perubahan itu disebut akan meningkatkan keamanan pesawat.

"Kami bekerja dengan pelanggan dan regulator di seluruh dunia untuk mengembalikan kepercayaan pada industri kami, dan juga untuk menegaskan kembali komitmen kami terhadap keselamatan dan untuk mendapatkan kepercayaan bagi masyarakat penerbangan," kata Mike Sinnett, wakil bos perusahaan Boeing, di Renton, Washington, sebagaimana dikutip dari CNBC News pada Kamis (28/3/2019).

Sejak pengumuman ini, saham Boeing naik 1 persen, setelah sebelumnya sempat turun drastis.

Mike Sinnett juga mengatakan bahwa ia akan segera mempresentasikan perbaikan Boeing 737 MAX di depan para pemangku kepentingan.

"Kami sedang bekerja dengan pilot dan pejabat industri," kata Sinnett.

"Kami memiliki 200 (unit) di antaranya hari ini di fasilitas Renton kami dan kami akan menghabiskan waktu bersama mereka (pilot dan pejabat industri) untuk menjelaskan pembaruan yang kami buat terhadap 737 MAX, untuk mendapatkan masukan dan mengembalikan kepercayaan mereka," lanjutnya.

Pembaruan tersebut akan dikirim ke Administrasi Penerbangan Federal (FAA) untuk persetujuan sertifikasi, beserta rencamna untuk pelatihan pilot. Sejumlah pejabat industri percaya bahwa FAA membutuhkan waktu sekitar dua minggu untuk menerbitkan sertifikasi yang dimaksud.

Sertifikasi tersebut sangat penting karena FAA dan regulator lain di seluruh dunia akan menandatangani keselamatan Boeing 737 MAX sebelum mereka menyetujui pesawat untuk terbang sekali lagi dan mengangkut penumpang. Sejumlah analis percaya bahwa dibutuhkan waktu enam hingga minggu sebelum jet diterbangkan kembali.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Pembaharuan

Ethiopian Airlines. Foto:AFP/ISSOUF SANOGO

Boeing menyampaikan beberapa pembaruan yang telah dilakukan terhadap 737 MAX. Perbaikan yang dimaksud adalah dalam Sistem Augmentasi Karakteristik Manuver pesawat (MCAS) yang merupakan kontrol penerbangan otomatis. MCAS saat ini akan menerima data dari kedua sensor "angle of attack", bukan hanya satu, demikian sebagaimana diklaim oleh perusahaan pesawat tersebut.

Dalam MCAS tersebut, Boeing mengatakan bahwa jika pilot tidak setuju lebih dari 5,5 derajat, sistem MCAS akan dinonaktifkan dan tidak akan mendorong hidung pesawat lebih rendah.

Selain itu, indikator pada layar kontrol penerbangan juga ditambahkan sehingga pilot mengetahui kapan sensor serangan tidak setuju.

Di samping pembaruan sistem, Boeing juga berjanji akan mengadakan peningkatan pelatihan yang diperlukan untuk semua pilot 737 MAX, sehingga mereka lebih memahami tentang cara kerja sistem MCAS dan cara menonaktifkannya jika mereka menghadapi masalah.

Bob Waltz, ilot maskapai Southwest Airlines menanggapi pernyataan ini.

"Pembaruan perangkat lunak Boeing tampaknya menambah lapisan keselamatan lain untuk pengoperasian pesawat MAX," kata Bob Waltz, kepala pilot Southwest.

"Kami menantikan panduan akhir FAA dan akan sepenuhnya mematuhi setiap modifikasi dan persyaratan pelatihan tambahan untuk memperkuat keandalan 737 Max," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fokus SDM Demi Dongkrak Masa Depan Bangsa

Posted: 27 Mar 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Calon Presiden (Capres) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan setelah fokus pada infrastruktur, akan fokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebelumnya, selama memimpin pemerintahan Kabinet Kerja (2014-2019), Jokowi fokus mengejar ketertinggalan infrastruktur Indonesia karena menilai, infrastruktur merupakan fondasi penting bagi bangsa Indonesia.

Simak videonya di sini

Pengembangan SDM dilakukan secara besar-besaran. Jokowi berharap, SDM Indonesia dapat semakin mampu bertarung di kancah global. Nah untuk itulah diperlukan peningkatkan kualitas SDM yang salah satunya, jumlah SDM premium harus diperbanyak.

Program pengembangan SDM yang dilakukan juga dimaksudkan agar Indonesia, tidak terjebak dalam middle income trap, seperti yang dapat dilihat di negara-negara lain tidak memiliki infrastruktur dan SDM yang siap.

Terkait itulah, dari sisi pengembangan SDM disiapkan sejumlah program dalam rangka penguatan kapasitas SDM masyarakat Indonesia. Program tersebut, juga dimaksudkan agar terjadi kesinambungan dan keberlangsungan pembangunan nasional.

"Untuk menjaga keberlangsungan pembangunan nasional, maka pada 2020 prioritas pembangunan sumber daya manusia (SDM) tetap terus harus dikedepankan menyambung prioritas SDM yang dimulai di 2019 ini," ujar Jokowi ketika mempimpin saat rapat kabinet. Jokowi sendiri dilantik menjadi Presiden Indonesia untuk periode 2014-2019 pada 20 Oktober 2014.  

Pada bidang pendidikan, Jokowi akan fokus pada sekolah vokasi, balai latihan kerja, hingga pondok pesantren. Jokowi memastikan anggaran akan dikucurkan dalam jumlah besar. Selain itu, pemerintah juga akan mengembangkan skill guru sebagai garda terdepan di bidang pendidikan. Jokowi memperkenalkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Dengan KIP Kuliah, maka akan terbuka kesempatan bagi para pelajar dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Jokowi juga berencana akan meluncurkan Kartu Pra-Kerja. Kartu dimaksud adalah kartu yang diberikan kepada pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling, up-skilling, re-skilling) dan atau sertifikasi kompetensi kerja. Rencana penerbitan Kartu Pra-Kerja, dilatarbelakangi adanya penilaian kalau selama ini, antara lulusan pendidikan dan kebutuhan industri tidak tersambung.

Sebagai contoh, industri garmen sering kali kesulitan mendapatkan tenaga kerja terlatih. Nah seiring dengan investasi dan pembukaan lapangan pekerjaan, akan ada link and match antara pekerja terlatih dengan yang dibutuhkan industri. Di sinilah letak peran pemerintah untuk menyambungkan tenaga kerja dengan kebutuhan industri.

"Kartu ini (Kartu Pra-Kerja) diberikan kepada lulusan SMA/SMK, akademi, lulusan universitas, yang ingin masuk ke dunia kerja. Yang akan kita training dan beri pelatihan sehingga siap masuk dunia industri. Pelatihannya tak hanya di dalam, namun juga di luar. Untuk keahlian tertentu, akan kita kirim besar-besaran ke luar negeri," kata Jokowi saat memberikan kata sambutan di acara Deklarasi Dukungan 10.000 Pengusaha kepada Jokowi-Amin, pada 21 Maret 2019 di Istora Senayan, Jakarta.

Kartu Pra-Kerja adalah jawaban untuk menutupi kesenjangan skill dan mendorong peningkatan kompetensi pekerja-pekerja Indonesia agar dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman dan revolusi industri 4.0.

Kesimpulan awalnya, selain peningkatan skill, pemerintah juga menyiapkan ekosistem yang kondusif bagi pencari kerja dan pengangguran agar bisa segera menjadi produktif, termasuk di dalamnya link and match, pemberian insentif untuk biaya pencarian kerja, job fair berkala, dan lain sebagainya. (Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resmi Meluncur, Ini Wujud Motor Klasik Terbaru Royal Enfield

Posted: 27 Mar 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, New Delhi - Perusahaan kendaraan roda dua, Royal Enfield secara resmi meluncurkan model terbarunya, Trial Bullet 350 dan 500 untuk pasar otomotif India.

Memiliki gaya klasik, kedua motor tersebut menambah daftar panjang kendaraan Royal Enfield yang telah menggunakan nama Bullet.

Seperti dilansir Autocar India, Kamis (28/3/2019) kedua model baru ini menggunakan engine dan gearbox yang sama dengan versi standar Bullet.

Dari sisi dapur pacu, Bullet Trials 350 dibenamkan mesin berkapasitas 346cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 20 Tk dan torsi 28 Nm.

Sedangkan Bullet Trials 500, menggendong mesin 499cc sehingga mampu menghasilkan tenaga 27,5 Tk dan torsi 41,3 Nm. Kedua mesin dikawinkan dengan gearbox 5-kecepatan.

Selanjutnya

Terlihat dari sisi tampilan, motor terbaru tersebut menggunakan tangki dan panel samping dari Bullet standar. Namun untuk bagian fender depan dan belakang terlihat lebih pendek dan sempit.

Penampilan off-road-friendly juga ditampilkan Bullet Trials dari penempatan setang yang lebih tinggi dengan fitur cross-brace.

Faktor pembeda antara Trials 350 dan Trials 500 ialah skema warna. Khusus versi 350, motor menggunakan warna merah. Sedangkan versi 500 menggunakan warna hijau.

Terkait sistem pengereman, kedua sepeda motor telah menggunakan dual-disc dengan ABS dual-channel. Tak hanya itu, motor ini juga disematkan roda depan berukuran 19 inci dan roda belakang 18 inci, serta knalpot yang lebih tinggi.

Terkait harga, Trial Bullet 350 dibandrol dengan harga Rs 1,62 lakh atau setara dengan Rp 33,3 juta dan Trial Bullet 500 Rs 2,07 lakh atau setara dengan Rp 42,6 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mencurigakan, Kardus Vacuum Cleaner Ternyata Berisi 2 Kg Sabu

Posted: 27 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Osmanhas (47), pria asal Sampang, Madura, harus berurusan dengan petugas bea cukai bandara lantaran kedapatan membawa narkoba jenis sabu yang disembunyikan di dalam vacuum cleaner. 

Budi Hartanto, Kepala Bea Cukai Bandara Internasional Juanda kepada Liputan6.com, Rabu (27/3/2019) mengatakan, Osmanhas merupakan penumpang pesawat Air Asia (QZ321) dengan rute penerbangan Kuala Lumpur (KUL) tujuan Surabaya (SUB).

Dari Malaysia, dia membawa 2 kardus yang diakui berisi vacuum cleaner. Petugas bandara lantas menemukan ada yang berbeda di dalam kemasan alat pembersih tersebut. Setelah diperiksa, petugas mendapati ada 4 bungkus narkoba jenis sabu seberat 2 kilogram.

"Tersangka diamankan petugas Bandara Juanda dipintu kedatangan terminal 1 Bandara Juanda, pada Senin kemarin," tutur Budi.

Dia menjelaskan, penggagalan upaya penyelundupan narkoba ke Jawa Timur, berawal dari informasi yang dihimpun petugas bahwa akan ada penumpang yang hendak membawa sabu melalui Bandara Juanda.

"Seperti biasa, petugas melakukan pemeriksaan terhadap barang bawaan penumpang," kata Budi.

Saat pemeriksaan berlangsung, lanjutnya, petugas mencurigai barang bawaan tersangka berupa vacuum cleaner tersebut.

"Termasuk membongkar isi dua buah kardus tersebut. Di dalamnya terdapat vacuum cleaner. Dan petugas menemukan sabu sebanyak empat bungkus plastik yang diduga mengandung Methamphetamine," ucapnya.

Terhadap barang bukti tersebut, petugas lalu melakukan uji laboratorium dan didapat hasilnya mengandung narkoba jenis sabu. Dalam kasus ini, petugas mengamankan 4 bungkus narkoba yang jumlahnya mencapai 2.625 gram atau sekitar 2 kilogram lebih.

"Barang haram tersebut rencananya mau diedarkan di Surabaya dan sekitarnya. Beruntung, petugas lebih dulu menggagalkan upaya penyelundupan tersebut," ujarnya.

Kepada petugas, tersangka mengaku tidak tahu menahu soal isi batang haram tersebut. Tersangka mengaku dititipi seseorang dari Malaysia

"Saya hanya dititipi barang suruh bawa ke Surabaya dan diberi uang senilai Rp 1.300.000," kata Osmanhas.

Tersangka kini diserahkan ke Dir Reserse Narkoba Polda Jatim untuk pemeriksaan lebih lanjut, termasuk mencari kemungkinan lain atas kepemilikan sabu tersebut. Pelaku terancam Pasal 102 huruf e Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1995 Tentang Kepabeanan sebagaimana telah diubah dangan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Skrining, Kemenkes Temukan 35 Ribu Orang Terduga Tuberkulosis

Posted: 27 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Kesehatan RI melakukan pemeriksaan atau skrining I untuk mencegah penularan penyakit tuberkulosis (TB) di beberapa tempat yang memiliki potensi penularan. Seperti pondok pesantren, asrama TNI dan POLRI, serta lembaga pemasyarakatan.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono mengatakan ini juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam Peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia 2019. Adapun, pemeriksaan dilakukan serentak di 34 provinsi dari 18 Februari hingga 18 Maret 2019 di masyarakat umum dan tempat-tempat yang sudah disebutkan sebelumnya.

"Tujuan skrining ini adalah untuk meningkatkan cakupan, penemuan TB secara aktif dan masif serta terstruktur, sehingga kita mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengobatan secara dini dan memastikan untuk memutus rantai penularan pada yang lainnya," kata Anung di Tasikmalaya, Jawa Barat ditulis Kamis (28/3/2019).

Simak juga video menarik berikut ini:

Temukan 35 Ribu Terduga Tuberkulosis

Ilustrasi Foto Batuk gejala Tuberkulosis (iStockphoto)

Hingga 22 Maret, data yang masuk ke Kemenkes menyatakan bahwa 64.337 orang di asrama TNI, 39.177 warga lapas, 47.420 orang di pondok pesantren, 12.868 warga dari populasi kunci HIV/AIDS, sudah melakukan deteksi tuberkulosis. Sementara itu, dari yang sudah dilakukan skrining dengan total 471.215 Anung mengatakan bahwa mereka berhasil menemukan terduga TB sebanyak 35.990 orang.

"Memang angka ini masih jauh dari harapan. Namun demikian, kami sudah mulai mengobati 8.442 orang yang sudah dipastikan positif dan diberikan obat anti tuberkulosis," kata Anung menambahkan.

Dengan semakin bertambahnya cakupan skrining, Anung berharap agar semakin banyak kasus tuberkulosis yang ditemukan. Hal ini juga memudahkan para pasien mendapatkan pengobatan yang lebih cepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: