Sabtu, 23 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Butuh Pemain Sayap, AC Milan Incar Eks Bintang MU

Posted: 23 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta AC Milan memanfaatkan jeda internasional untuk mempersiapkan lagi tim. Mereka sudah memikirkan pasar transfer untuk merencanakan tim dengan cara terbaik sebelum musim depan.

Kabarnya, AC Milan sudah mengirim pemantau pada pertandingan Belanda melawan Belarusia. Mereka mengamati beberapa pemain, termasuk target untuk posisi sayap.

ac milan

Posisi sayap kiri terus menjadi prioritas manajemen AC Milan. Petinggi klub Leonardo sebelumnya gagal membawa pemain sayap untuk pelatih Rino Gattuso.

Namun, penampilan buruk Suso telah menyoroti celah bahwa Juni nanti posisi ini harus segera diisi. Karena itu, Milan memanfaatkan laga Belanda-Belarus untuk melihat beberapa pemain yang bisa menjadi materi skuat.

Eks Pemain MU

Selebrasi pemain Belanda lewat gol perdana Depay pada laga pembuka Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Faijenoord, Rotterdam, Jumat (22/2). Belanda menang 4-0 atas Belarusia. (AFP/Koen Van Weel)

Salah satu targetnya adalah Memphis Depay. Pemain Lyon ini sudah lama berada dalam radar Rossoneri.

Namun, tawaran 40 juta euro mungkin tidak cukup untuk mantan pemain Manchester United ini. Itulah sebabnya Ac Milan beralih ke pemain lain.

Alternatif Lain

Stefen Bergwijn, pemain sayap PSV, juga mewakili kemungkinan untuk direkrut, meski ia juga harganya tidak murah.

Harga yang ditetapkan untuk Bergwjin senilai 35 juta euro, karena banyak klub yang tertarik pada pemain ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walau Ribut Besar, Evi Masamba Pastikan Tak Bercerai

Posted: 23 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Evi Masamba dan Arif Hajrianto dikabarkan tengah bermasalah. Keduanya disebut-sebut terlibat cekcok besar hingga berniat untuk bercerai.

Evi Masamba mengakui dirinya memang tengah ribut dengan sang suami. Namun dia membantah kabar yang menyebutnya akan bercerai.

"Ya namanya kabar ya, ya doain saja. Kalau kabar cerai enggak ada, orang saja melebih-lebihkan," kata Evi Massamba di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Evi Masamba menegaskan rumah tangganya dalam keadaan baik. Yang lebih penting, kata dia, kondisinya sehat, apalagi tengah mengandung.

Sedang Hamil

Evi Masamba (Foto: Instagram/@evigassing_majene)

Dia tak mau pusing oleh berbagai kabar angin yang berembus kencang. "Evi enggak mau yang terlalu banyak pikiran. Enggak mau yang stres apalagi posisinya lagi hamil," tuturnya.

"Saya benar-benar fokus menjaga baby-nya jangan sampai nantinya ada apa-alasan. Kasihan kan baby-nya nanti enggak tahu apa-apa kena imbas," ungkapnya.

Unfollow Instagram

Selain itu, kabar perceraian Evi menyeruak setelah ia menghapus foto-foto sang suami dari akun Instagram. Tak hanya itu, dia juga melakukan unfollow akun Instagram sang suami.

"Namanya orang berumah tangga pasti seperti itu ya, ada problem sedikit lah enggak gimana, apalagi kondisi aku sekarang lagi hamil. Jadi bawaannya tuh emosi, dikit-dikit sensitif sama apa," terangnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jajal Sky Diving Indoor, Olivia Zalianty Dilatih Penerjun Profesional

Posted: 23 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Olivia Zalianty dikenal sebagai selebritas penyuka olahraga menantang. Kali ini, ia menjajal olahraga sky diving.

Menurut Olivia Zalianty, sky diving memiliki hubungan erat dengan terjun payung. Hanya saja, kata dia, perbedaan terjun payung dan sky diving adalah ketika melompat keluar dari pesawat, penerjun bisa langsung membuka parasut.

"Sedangkan Sky diving penerjun tidak langsung membuka parasutnya ketika keluar dari pesawat, melainkan bisa ber-atraksi dulu di angkasa atau membentuk berbagai macam formasi yang menarik," kata Olivia Zalianty saat ditemui di Pusdiklatpassus, Bandung, Jawa Barat, baru-baru ini.

Untuk bisa melakukan olahraga tersebut, Olivia Zalianty berlatih dengan para penerjun payung profesional pelatihannya di Indoor Skydiving Vertical Windtunnel, yang salah satunya ada di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Khusus (Pusdiklatpassus) atau Kopassus Indoor Skydiving Center di Batujajar, Bandung, Jawa Barat.

 

Menantang

Olivia Zalianty dan Naila Novaranti, pelatih terjun payung dunia (ist)

Bagi Olivia Zalianty, sky diving merupakan olahraga yang penuh dengan tantangan. Karena itu, ia pun tak menolak saat diajari langsung oleh Naila Novaranti, pelatih terjun payung dunia.

"Saya kan suka dengan olah raga yang menantang dan Sky Diving Indoor ini yang bikin aku penasaran. Saat ditawari oleh mbak Naila, saya langsung mengiyakan. Ini baru pertama kali saya ikutan secara Indoor, saya suka olahraga seperti ini," Olivia Zalianty mengungkapkan.

 

Mengatur Keseimbangan

Olivia Zalianty menjajal sky diving (ist)

Olivia Zalianty menambahkan, sky diving indoor menjadikan dirinya bisa mengatur keseimbangan, control drive dan bisa belajar bagaimana dirinya bisa belok kanan ke kiri diatas angin saat melayang layang.

"Saya sebenarnya masih ingin menjajal sampai 5 kali tapi karena keterbatasan waktu jadi cuma sempat 3 kali. Dan rasanya amazing, sangat memacu adrenalin," Olivia Zalianty memungkasi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 6,3 di Jailolo Terasa Hingga Manado

Posted: 23 Mar 2019 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Manado - Gempa dengan magnitudo 6,3 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut) terasa hingga Manado. Pengunjung sejumlah pusat perbelanjaan di Manado, Minggu (24/03/2019) siang, sekitar pukul 12.37 Wita, berhamburan keluar dari pusat-pusat perbelanjaan itu.

"Saya terpaksa meninggalkan counter Handphone yang saya jaga. Bahkan ada pembeli yang akhirnya tidak terlayani karena kami sudah berhamburan keluar," ungkap Melisa, karyawan salah satu counter Handphone di ITC Manado.

Melisa sedikit beruntung karena berada di lantai satu, dan langsung keluar ke jalan raya. Namun pengunjung dan pengelola usaha di pusat perbelanjaan yang berada di lantai 2 hingga 5, terpaksa berdesak-desakan dengan menggunakan lift maupun tangga.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut mengguncang pada pukul 11.37 WIB, Minggu (24/3/2019).

 

 

Tak Berpotensi Tsunami

Pusat gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di 1,68 Lintang Utara, 126,37 Bujur Timur. Tepatnya di 139 kilometer Barat Laut Jailolo, Malut.

BMKG tidak menyatakan guncangan gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Selain di Manado, BMKG juga mencatat, guncangan gempa di Jailolo terasa di Ternate, Weda, Tondano, Bitung, Tahuna, Siau, dan Bolang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Tewasnya Staf Kampus UNM Mulai Terungkap

Posted: 23 Mar 2019 10:15 PM PDT

Patroli, Makassar - Kepolisian Polres Gowa, Minggu dinihari menaikkan status saksi Wahyu Jayadi menjadi tersangka kasus pembunuhan staf UNM. Hal tersebut dilakukan setelah polisi menemukan sejumlah bukti.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (24/3/2019), bukti itu adalah bercak darah dan sidik jari dari sebuah botol minuman di lokasi kejadian. Selain itu, keterangan dari tersangka juga memperkuat keyakinan polisi.

Namun, hingga kini polisi masih menyelidiki motif pembunuhan. Sejauh ini, diketahui hubungan korban dan tersangka adalah rekan kerja sekaligus kerabat.

Sementara itu, hasil forensik menyatakan korban tewas bukan karena jeratan sabuk pengaman, melainkan adanya luka pada bagian leher dan trauma pada kepala akibat benda tumpul.

Sulaifa Djafar, ditemukan tak bernyawa di dalam mobil yang terparkir di Dusun Japing, Kabupaten Gowa, dengan sejumlah luka dan leher terjerat sabuk pengaman.

Pelaku pembunuhan, Wahyu Jayadi ditangkap polisi beberapa jam usai kejadian di RS Bhayangkara Makassar ketika ingin melihat proses autopsi korban. Pelaku dan korban diketahui merupakan rekan kerja.

Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan pasal pembunuhan dengan disengaja dengan ancaman kurungan 15 tahun penjara. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Camilan Khas Sumatera Barat Ini Cocok Dijadikan Oleh-oleh

Posted: 23 Mar 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Camilan khas Sumatera Barat seakan tenggelam oleh nama besar Rendang yang telah mendunia. Makanan-makanan Sumatera Barat lainnya pun telah terkenal dengan banyaknya Rumah Makan Padang di seluruh penjuru Indonesia, bahkan ada beberapa di negara-negara lainnya. 

Padahal, banyak juga camilan-camilan unik dari Sumatera Barat yang dapat dijadikan oleh-oleh. Mulai dari kerupuk, kue, dan hal-hal lainnya yang jarang kita temui di daerah lain.

Tidak hanya menghadirkan rasa yang pedas dan gurih, sesuai dengan bagaimana Sumatera Barat biasanya dilihat, beberapa cemilan dari minang ini juga memiliki rasa manis.

Tentunya belum lengkap berwisata ke Sumatera Barat tanpa membawa oleh-oleh, terutama camilan khas, seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019)

Karupuak Kuah, Randang Talua, Dadiah

Ampiang dadiah (ota_lapau/instagram.com)

1. Karupuak kuah

Karupuak kuah bisa kita temui dimana saja di Sumatera Barat. Biasanya, karupuak kuah ini mudah ditemukan di sekitar Jam Gadang di Bukittinggi. Karupuak kuah merupakan kerupuk yang dioleskan kuah sate dan ditaburi mie diatasnya. Biasanya karupuak kuah menggunakan kerupuk dari singkong.

2. Randang Talua

Camilan yang satu ini memiliki cita rasa seperti rendang, tetapi dalam versi gurihnya. Rasanya tak kalah lezat dengan daging rendang. Randang talua ini bakalan membuat kita tidak berhenti mengunyah sampai tidak sadar telah habis.

Cocok dijadikan camilan ketika menonton tv, bahkan juga dapat dijadikan teman makan dengan nasi. Randang talua bisa ditemukan di Payakumbuh.

3. Dadiah

Dadiah bisa disebut sebagai yoghurt-nya orang Minang. Dadiah adalah sejenis makanan berbentuk yoghurt namun dibuat menggunakan susu kerbau dan dengan cara tradisional khas Minangkabau.

Dengan adanya asam laktat, olahan susu ini dipercaya mampu mencegah macam-macam penyakit, menurunkan kadar kolesterol dan kanker usus, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk itu dadiah dapat dikonsumsi saat sarapan atau sebagai cemilan untuk menemani keseharian.

Karupuak Jangek, Sala Lauak, Galamai

Sala Lauak. (dok. @kuliner.minang/https://www.instagram.com/p/BiK_Tleh1SI/Indah Permata Niska)

4. Karupuak Jangek

Karupuak Jangek juga sangat tepat untuk dijadikan oleh-oleh. Kerupuk yang sering dijadikan teman makan bakso, soto, nasi goreng dan makanan-makanan berat lainnya ini terbuat dari kulit kerbau atau kulit sapi.

5. Sala Lauak

Sala lauak mungkin sudah lumayan banyak dijual di rumah makan padang yang ada dimana-mana. Tetapi jangan salah, rasa sala lauak asli yang berasal dari Pariaman ini, bakalan jauh mengalahkan rasa sala lauak yang biasanya ada di rumah makan padang biasa.

Dengan bahan dasar tepung beras dengan isian ikan, bentuknya yang bulat-bulat akan membuatmu ketagihan. Ditambah dengan rasa pedas yang menambah enaknya camilan dari Sumatera Barat ini.

6. Galamai

Galamai ini juga dapat disebut sebagai dodol-nya orang Minang. Namun yang membuat mereka berbeda adalah dari bahan dasar pembuatannya. Bahan yang yang digunakan untuk membuat dodol ala Minangkabau ini adalah tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang sebelumnya telah disangrai.

Pinyaram, Pensi, Batiah

Kue pinyaram (Sumber: Wikipedia)

7. Pinyaram

Pinyaram umumnya terbuat dari campuran gula pasir atau gula aren, tepung beras putih atau beras hitam, dan santan kelapa. Cara pembuatannya dengan digoreng di kuali yang sekaligus menjadi cetakan, rasanya seperti kue cucur. 

Ada beberapa varian dari makanan ini, yang pertama adalah pinyaram putih yang bahan bakunya adalah beras putih, sedangkan pinyaram hitam dibuat menggunakan beras hitam.

Sedangkan untuk rasa panganan dengan bentuk bulat ini, tidak hanya rasa original, melainkan telah ada rasa pisang dan durian, bahkan ada rasa lain. Dengan adanya varian rasa itulah kue tradisional ini akan semakin diminati oleh berbagai kalangan.

8. Pensi

Pensi merupakan makanan khas danau maninjau, tapi juga banyak dijual di tempat-tempat lainnya di Sumatera Barat, khususnya Bukittinggi.

Pensi adalah kerang air tawar yang dimasak dengan ditumis bersama cabe, bawang dan berbagai bumbu lainnya, yang membuatnya sangat lezat untuk dicemil dalam waktu santai kita.

9. Batiah

Salah satu jajanan tradisional khas Payakumbuh yang jarang diketahui oleh orang adalah Batiah. Cemilan ini dibuat menggunakan ketan yang telah dikeringkan kemudian ditanak dan terakhir digoreng menggunakan minyak. Rasanya manis namun akan sangat renyah saat diggit dan bisa membuat siapa saja ingin memakannya lagi dan lagi.

Jadi jangan lupa untuk membeli camilan khas Sumatera Barat yang unik-unik dan memiliki cita rasa yang tidak akan kita temui di tempat lain, karena Sumatera Barat tidak hanya memiliki rendang dan nasi padang di wisata kulinernya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perang Fitur Varian Tertinggi Low MPV, Siapa Unggul?

Posted: 23 Mar 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Varian tertinggi Suzuki Ertiga resmi dirilis PT Suzuki lndomobil Sales (SIS), Jumat (22/3/2019). Mendapat peningkatan dari sisi interior, eksterior dan fitur, mobil di kelas low multi purpose vehicle (LMPV) tersebut memiliki beberapa keungulan.

Untuk bagian interior, Ertiga Sport dilengkapi warna dashboard dan jok baru. Untuk sistem hiburan, terdapat head unit touch screen berukuran 6,8 inci dengan garnish l/P center.

Telah terintegrasi pada gawai pengemudi, pengendara diklaim lebih mudah mengakses fitur dalam head unit, seperti web link, radio (AM/FM), MP3, WMA, USB, Waze, spotify, Bluetooth audio, dan Bluetooth phone call.

Terdapat ubahan tampilan, mobil pabrikan otomotif Jepang ini disematkan upper & lower front grille, under spoiler, side under spoiler (right & left), rear upper spoiler dan rear under spoiler.

Varian ini memiliki fitur keselamatan paling lengkap berkat hadirnya electronic stability programme (ESP) dan hill hold control (HHC) khusus varian transmisi otomatis.

Memiliki dua opsi transmisi, harga yang ditawarkan untuk versi manual yakni Rp241 juta dan versi otomatis Rp251,5 juta.

Sebagai tipe tertinggi sekaligus termahal, berikut daftar Low MPV yang memiliki spesifikasi dan fitur paling berimbang dengan Suzuki Ertiga Sport.

Honda Mobilio RS

Salah satu mobil andalan Honda ini beberapa waktu lalu juga mendapatkan peningkatan. Berbeda Rp3,5 juta dari bandrol Ertiga Suzuki Sport, harga Mobilio RS manual yakni Rp237,5 juta dan CVT Rp248 juta.

Meski lebih murah, fitur multimedia yang ditawarkan dengan layar 8 inci dengan fitur radio, USB Port, Compatible iPhone & iPod, AUX-IN, bluetooth, hands-free telephone dan smartphone connection.

Untuk komponen pendukung keselamatan tak berbeda dari Ertiga Sport, karena telah tersedia Vehicle Stability Assist (VSA).

 

 

Mitsubishi Xpander Ultimate

Xpander Ultimate ditawarkan hanya dengan transmisi otomatis. Harganya yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan Ertiga Suzuki Sport, yakni Rp260,9 juta.

Namun, fitur yang disematkan Mitsubishi pada mobil ini lebih banyak, seperti adanya keyless yang mengeliminasi penggunaan anak kunci, start/stop button dan traction control. Bahkan belum lama cruise control telah diberikan untuk meningkatkan kenyamanan.

Nissan Livina VL

Bila dibandingkan Ertiga Sport, harga Livina VL jauh lebih mahal, karena dibandrol Rp 261,9 juta, dengan pilihan transmisi hanya otomatis.

Sebagai saudara Mitsubishi Xpander, spesifikasi yang dimiliki hampir sama, mulai dari mesin dan fitur. Hanya saja Livina tak memiliki fitur cruise control.

Kental dengan warna hitam, seluruh jok mobil menggunakan material kulit yang disebut mampu memberikan rasa mewah.

 

 

Toyota Veloz

Memiliki bandrol 239,45 juta, harga Toyota Veloz lebih murah dibandingkan Ertiga Sport. Hal itu dikarenakan fitur yang dihadirkan pada mobil nyaris minim, seperti rear seat entertainment dan digital AC.

Untuk sistem hiburan, terdapat headunit anyar 2-DIN dengan teknologi layar sentuh 6 inci plus fitur T-Link.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski ISIS Kalah Telak, Namun Pengaruh Pemimpinnya Diyakini Belum Lenyap

Posted: 23 Mar 2019 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Bagdad - Menurut beberapa pengamat, ISIS telah kehilangan semua wilayah yang pernah dikuasainya di Irak dan Suriah, tetapi bayangan pengaruh pemimpinnya diperkirakan masih meluas.

Dengan tawaran hadiah senilai US$ 25 juta (setara Rp 357 miliar), pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi adalah orang yang paling dicari di dunia, dan bertanggung jawab telah mengarahkan organisasinya bertindak kejam, seperti melakukan pembantaian massal pada lawan dan menginspirasi serangan teror ke banyak tempat di dunia.

Meskipun banyak klaim tentang kematiannya dalam beberapa tahun terakhir, keberadaan al-Baghdadi tetap menjadi misteri, demikian sebagaimana dikutip dari Military Times pada Minggu (24/3/2019).

Dia muncul di depan umum hanya sekali pada 2014. Sejak itu, banyak pembantu utamanya telah terbunuh, sebagian besar dalam serangan udara koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS).

Sosok al-Baghdadi adalah salah satu dari beberapa komandan senior ISIS yang masih bebas, setelah dua tahun terakhir semakin kehilangan wilayah kekuasannya, hingga ke titik kecil di lembah Sungai Eufrat.

Kantong terakhir ISIS, di desa timur Baghouz, dinyatakan telah dibebaskan pada Sabtu 23 Maret, setelah beberapa pekan pertempuran.

Selama pengepungan, warga sipil mengalir keluar dari kantong pertahanan ISIS dan menyerah. Mereka yang mengangkat bendera putih diperkirakan berjumlah lebih dari 30.000 orang, sebagian besar keluarga ISIS. Namun belum ada tanda-tanda keberadaan al-Baghdadi.

"Koalisi tidak menahannya, dan kami pun tidak tahu di mana dia berada," kata juru bicara koalisi yang dipimpin AS, Sean Ryan kepada kantor berita Associated Press.

Ilustrasi Anggota ISIS (AFP Photo)

Mohammed Kheder, salah satu pendiri kelompok Sound and Picture yang mendokumentasikan ISIS, mengatakan bahwa terakhir kali al-Baghdadi ditemukan di daerah itu sekitar 15 bulan lalu, mengutip sumber-sumber di lapangan dan kesaksian orang-orang yang meninggalkan daerah tersebut.

Dalam unggahan di Twitter, tim Kheder mengatakan tidak dapat mengesampingkan kemungkinan al-Baghdadi ditahan sejak lama. "terutama karena banyak serangan udara dan operasi malam AS, yang menargetkan para pemimpin ISIS di sepanjang perbatasan Irak, belum diungkapkan oleh koalisi."

Al-Baghdadi Diyakini Bersembunyi

Para pejabat intelijen Irak yakin al-Baghdadi bersembunyi di suatu tempat di padang pasir yang membentang melintasi perbatasan Suriah-Irak, menggunakan terowongan untuk bergerak.

"Dia tidak menggunakan peralatan komunikasi atau internet untuk menghindari deteksi oleh pesawat koalisi," kata seorang pejabat intelijen senior.

Pejabat lain, seorang kolonel, mengatakan AS baru-baru ini menargetkan beberapa orang terdekat al-Baghdadi, termasuk pengawal pribadinya Khaled al-Saudi --dikenal sebagai Khallad-- yang tewas pekan lalu di dekat daerah al-Baaj di sepanjang perbatasan Irak-Suriah.

Istri Khallad ditangkap. Seorang pembantu yang dekat dengan al-Baghdadi juga baru-baru ini terbunuh dan istrinya ditangkap, kata sang kolonel, menambahkan bahwa AS percaya target tersebut akan segera membawa mereka ke al-Baghdadi.

Kedua pejabat berbicara dengan syarat anonim untuk berbagi informasi intelijen di atas.

 

Simak video pilihan berikut: 

Sepak Terjang al-Baghdadi

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dikabarkan menderita luka serius setelah serangan militer Rusia 28 Mei 2017. Padahal sebelumnya, ia telah dinyatakan tewas oleh Kementerian Pertahanan Rusia. (Screengrab via AP)

Al-Baghdadi lahir sebagai Ibrahim Awwad Ibrahim Ali al-Badri al-Samarrai pada 1971 silam di Samarra, Irak, dan mengadopsi nom de guerre (nama samaran) sejak awal terlibat ekstremisme.

Menurut situs web yang berafiliasi dengan ISIS, ia ditahan oleh pasukan Negeri Paman Sam di Irak dan dikirim ke penjara Bucca pada Februari 2004 karena anti-AS, dan bertanggung jawab pada banyak aktivitas militan.

Dia dibebaskan 10 bulan kemudian, setelah itu dia bergabung dengan cabang al-Qaeda di Irak pimpinan Abu Musab al-Zarqawi. Dia kemudian mengambil alih kendali kelompok tersebut, yang pada waktu itu dikenal sebagai Negara Islam Irak.

Setelah perang saudara Suriah meletus pada 2011, al-Baghdadi mengirim para pendukungnya ke negara tetangga untuk membentuk kelompok ekstrimis Sunni yang berpikiran sama di sana.

Kelompok itu, yang kemudian dikenal sebagai Front Nusra, awalnya menyambut pemberontak Sunni moderat yang merupakan bagian dari pemberontakan terhadap Presiden Suriah Bashar Assad.

Seiring waktu, lebih banyak anggotanya, dan mungkin al-Baghdadi sendiri, pindah ke Suriah, mengejar rencananya untuk memulihkan negara Islam abad pertengahan, atau kekhalifahan.

Pada April 2013, al-Baghdadi mengumumkan jumlah pengambilalihan Front Nusra yang bermusuhan, dengan mengatakan ia menggabungkannya menjadi kelompok baru yang dikenal sebagai Negara Islam Irak dan Levant.

Pemimpin Front Nusra Abu Mohammad al-Golani menolak untuk menerima pengambilalihan - seperti halnya kepemimpinan pusat al-Qaeda, yang memutuskan hubungan dengan al-Baghdadi.

Para militan Al-Baghdadi pergi untuk menangkap bentangan wilayah yang berdekatan di seluruh Irak dan Suriah, termasuk kota-kota utama seperti Raqqa di Suriah dan Mosul di Irak.

Pada Juni 2014, kelompok itu mengumumkan negara bagiannya, atau kekhalifahan. Al-Baghdadi menjadi khalifah yang dinyatakan dari kelompok Negara Islam yang baru berganti nama menjadi ISIS.

Kelompok ini memerintah dengan interpretasi yang sangat keras terhadap hukum Islam. Kekejaman, pembantaian, dan pemenggalan kepala oleh militan al-Baghdadi --banyak disiarkan dalam unggahan video mengerikan di situs webnya-- membuat ISIS mendapat sorotan paling gelap dan brutal dalam sejarah modern.

Satu-satunya penampilan publiknya yang dikenal di video adalah pada 29 Juni 2014, ketika al-Baghdadi tampil sebagai sosok berjubah hitam yang menyampaikan khotbah dari mimbar Masjid Agung Mosul al-Nuri, di mana ia mendesak umat Islam di seluruh dunia untuk bersumpah setia kepada kekhalifahan, dan menaatinya sebagai pemimpinnya.

Rekaman Suara Terakhir al-Baghdadi

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. (Associated Press)

Sedikit yang diketahui tentang keluarga al-Baghdadi. Mantan istri, Saja al-Dulaimi, dan putrinya dari al-Baghdadi, ditahan di Lebanon pada 2014. Dia dibebaskan setahun kemudian sebagai bagian dari pertukaran dengan al-Qaeda, sebagai imbalan atas pengembalian tentara dan polisi Lebanon yang diculik.

Pada Juli 2018, ISIS mengumumkan bahwa putra al-Baghdadi, Huthaifa al-Badri, telah terbunuh dalam pertempuran melawan pasukan pemerintah di Suriah tengah.

Tidak ada laporan berikutnya tentang al-Baghdadi yang terbunuh atau terluka yang dikonfirmasi.

Pada 2017, para pejabat Rusia mengatakan ada "kemungkinan besar" al-Baghdadi terbunuh dalam serangan udara pasukan Negeri Beruang Merah di pinggiran Raqqa, tetapi pejabat AS kemudian meyakini bahwa dia masih hidup.

Sosok al-Baghdadi muncul kembali pada akhir September 2017, mengirim pesan audio pada pengikutnya untuk membakar musuh mereka di mana-mana.

Rekaman audio lain telah diunggah pada Agustus lalu, di mana al-Baghdadi mendesak para pengikutnya untuk "terus terlibat dalam memerangi musuh-musuh ISIS".

Para ahli yang melacak tokoh-tokoh militan mengatakan bahwa suara dalam rekaman tersebut benar milik al-Baghdadi, dan itulah terakhir kali dia terdengar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fase III MRT Jakarta Rute Cikarang-Balajara Dibangun pada 2020

Posted: 23 Mar 2019 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memperkirakan pembangunan MRT Tahap III dimulai pada 2020. Fase III ini akan menghubungkan Cikarang menuju Balaraja (Tangerang) dengan jarak tempuh mencapai 78 kilometer (km).

"Insya Allah tahun ini atau awal depan kita akan mulai Tahap III east west dari Cikarang sampai Balaraja 78 km," ujar dia saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan MRT Jakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Dia mengatakan jika fase III terbangun maka nantinya Indonesia sudah membangun MRT sepanjang 100 km.

Pada hari ini, Presiden Jokowi meresmikan MRT Jakarta Fase I di Bundaran HI. Presiden menyatakan peresmian dibarengi dengan dimulainya pembangunan MRT Jakarta fase kedua dengan rencana rute Bundaran HI - Kampung Bandan.

Peresmian berlangsung bersamaan dengan Car Free Day dan dimeriahkan artis Indonesia seperti D'Massiv, Naff dan Barasuara.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

MRT Beroperasi, Pekerja Jakarta Bakal Makin Produktif

Dua kereta MRT berada di stasiun Lebak bulus Jakarta, Senin (25/2). Pada 5 Maret nanti pihak Kereta MRT akan membuka pendaftaran uji coba umum. Dengan begitu, masyarakat bisa mengikuti progres pembangunan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Moda transportasi baru DKI Jakarta, Mass Rapid Transit (MRT) telah diresmikan Presiden RI Joko Widodo pagi ini. Hadirnya MRT Jakarta ini memberikan harapan baru bagi warga DKI Jakarta.
 
Wakil Ketua Kadin DKI Jakarta Sarman Simanjorang memandang dengan hadirnya MRT Jakarta akan menguntungkan bagi para pengusaha. Ini dikarenakan akan meningkatkan produktivitas para pekerja.
 
"Jelas dari kalangan pengusaha ini sangat mebantu kami dalam meningkatkan produktivitas para pekerja. Karena mereka tidak lagi macet-macetan," ucap Sarman kepada Liputan6.com, Minggu (24/3/2019).
 

 
Dengan produktivitas semakin meningkat, maka ekonomi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya sendiri juga akan meningkat. MRT, bagi Sarman, menjadi sumber perputaran uang baru di Jakarta.
 
"Jadi manfaat lain selain meningkatkan produktitas pekerja, juga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jakarta itu sendiri," tegasnya.
 
Hanya saja, Sarman meminta kepada pemerintah untuk menetapkan tarif MRT Jakarta yang terjangkau dan tidak membebani daya beli masyarakat.
 
Menurutnya, tarif MRT yang ideal yaitu Rp 1.000 per kilometernya atau secara keseluruhan untuk rutr terjauh antara Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.
 
"Untuk itu, ini kan transportasi sudah kelas internasional, mari kita jaga bersama-sama," pungkas dia. (Yas)
 
 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 6,3 Guncang Jailolo Malut

Posted: 23 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi kembali terjadi Indonesia hari ini. Gempa dengan magnitudo 6,3 terjadi di Jailolo, Maluku Utara (Malut).

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut mengguncang pada pukul 11.37 WIB, Minggu (24/3/2019).

Pusat gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berada di 1,68 Lintang Utara, 126,37 Bujur Timur. Tepatnya di 139 kilometer Barat Laut Jailolo, Malut.

BMKG tidak menyatakan guncangan gempa ini berpotensi menimbulkan tsunami. Meski begitu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada.

Belum ada laporan terkait kerusakan maupun korban akibat guncangan gempa hari ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Goncangan Gempa Dieng dan Kisah Horor Kawah Timbang Tewaskan 149 Penduduk

Posted: 23 Mar 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Warga Batur, Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dikejutkan oleh gempa yang melanda kawasan ini sekitar pukul 18.30 WIB.

Surip, Kepala Pos Pengamatan Gunung Dieng Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) merinci, gempa terjadi pada pukul 18.36.40 WIB. Gempa tektonik lokal dirasakan di Batur dan sekitarnya dengan skala MMI II.

Menurut dia, Stasiun Seismik Kawah Timbang merekam lebih awal. Tetapi, ia menegaskan gas Kawah Timbang masih dalam keadaan normal.

"Gempa yang pasti berpengaruh terhadap kawah gunung api adalah gempa vulkanik. Kalau tektonik, bisa pengaruh bisa tidak. Tapi sekarang kondisinya normal," katanya, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat 22 Maret 2019 malam.

Surip mengakui, Kawah Timbang adalah salah satu kawah beracun Dieng. Karenanya, masyarakat harus selalu waspada. Antara lain dengan tidak mendekati kawasan kawah pada malam atau pagi hari.

Sebabnya, konsentrasi gas beracun, Co2, pada pagi atau malam masih tinggi. Gas ini akan memuai saat terkena sinar matahari.

Namun, ia menegaskan bahwa aktifitas Kawah Timbang normal paskaguncangan gempa. Tak terpantau pula ada gempa susulan. Untuk itu masyarakat tak perlu risau lantaran termakan kabar yang tak jelas asal-usulnya.

Kawah yang mengeluarkan gas beracun ini terakhir kali erupsi pada tahun 2013. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Kami mengimbau agar masyarakat tetap tenang. Status Kawah Timbang normal," dia menegaskan.

149 Orang Tewas Akibat Gas Beracun Kawah Timbang pada 1979

Ilustrasi – Erupsi Kawah Sileri, Dieng. (Foto: Liputan6.com/BPBD BNA/Muhamad Ridlo)

Menilik sejarahnya, Kawah Timbang yang berada di kawasan Butak Petarangan pernah menyebabkan kematian massal warga Desa Kepucukan pada 1979. Korban jiwa mencapai 149 orang pada pagi buta 20 Februari 1979.

Penyebabnya adalah meletusnya Kawah Sinila yang diikuti dengan meningkatnya aktivitas Kawah Timbang yang kemudian mengeluarkan gas beracun dengan konsentrasi tinggi dan jumlah banyak.

"Sebenarnya, tahun 1979 yang meletus itu Kawah Sinila, itu betul. Kawah Sinila meletus, kreatif, seperti Kawah Sileri pada saat ini. Material yang dikeluarkan adalah lumpur panas, lontaran batu dan lahar. akan tetapi yang perlu diingat yang membunuh 149 warga Kepucukan tersebut adalah Kawah Timbang," ucap Aziz Yulianto, Petugas Pos Pengamatan Gunung Dieng, 4 Juli 2017, dua hari usai meletusnya Kawah Sileri.

Aziz menambahkan, secara konstan Kawasan Gunung Butak Petarangan mengeluarkan gas CO2, H2S dan SO2. Di kawasan itu terdapat kawah Timbang dan Sinila, serta rekahan vulkanik Sibanger dan Wanapriya yang membentuk sebuah kawasan berbahaya.

Aziz menjelaskan, ada tiga diantara 11 kawah di Dieng yang ditetapkan sangat berbahaya lantaran kerap mengeluarkan gas beracun. Ketiga kawah tersebut yaitu, Timbang, Sinila dan Sikendang.

Pasalnya, meski jarang erupsi, namun ketiga kawah tersebut secara simultan mengeluarkan gas beracun, meski dengan konsentrasi yang fluktuatif.

Penerobos Kawasan Berbahaya

Stasiun Seismik Kawah Timbang, Dieng merekam gempa tektonik lokal Skala MMI II. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

"Kita kan konsentrasinya ke gas beracun. Nah, ketika konsentrasinnya sudah mencemari udara yang ada di sekitar kawah situ maka kita larang ada aktivitas di sekitarnya. Kemudian, kita juga mengukur sejauh mana kontaminasi gas beracun itu, baru kita mengeluarkan angka," ucap Aziz, 4 Juli 2017, usai meletusnya Kawah Sileri.

Meski menjadi kawasan yang berbahaya, akan tetapi masyarakat rupanya telah terbiasa dengan keberadaan kawah-kawah ini. Mereka pun tak takut dengan keberadaan kawah berbahaya, dan bahkan bercocok tanam di sekitar kawah tersebut.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Banjarnegara, Arif Rachman mengatakan, salah satu kawasan yang paling berhaya tetapi kerap diterobos adalah Kawah Sinila dan Kawah Timbang yang berada di satu kawasan, Butak Petarangan.

Menurut dia, warga setempat seringkali menerobos kawasan yang dinyatakan tak aman. Padahal telah menetapkan zonasi kawah berbahaya lantaran berpotensi mengeluarkan gas beracun.

"Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menetapkan radius 500 meter sebagai daerah steril dari aktifitas. Namun, masyarakat membandel dengan tetap beraktivitas di radius berbahaya itu," kata Arif.

Menurut dia, banyak warga yang memiliki lahan di sekitar kawah sehingga mereka nekat menerobos. Selain itu, semakin dekat dengan kawah, maka tanah akan semakin subur.

"Kita telah memasang tanda merah, maksudnya bahaya satu, ring dua, dan seterusnya. Tapi karena daerah-daerah kawah tersebut cenderung lebih subur, sehingga kadang masyarakat itu menjadi nekat. Jadi beberapa peringatan sudah dipasang, tetapi mereka tetap menorobos," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turunkan Jasad di Gunung Everest Memakan Biaya Miliaran Rupiah

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Nepal Penampakan jasad di area Gunung Everest yang lebih tinggi memang menjadi landmark (ciri khas, sesuatu yang paling menonjol) bagi para pendaki. Salah satu cerita yang terkenal berupa penampakan sepatu bot hijau yang berada di dekat puncak.

Sepatu itu merujuk pada seorang pendaki yang meninggal di bawah batu yang menggantung. Sepatu bot hijau miliknya masih berdiri dan menghadap ke rute pendakian.

Beberapa ahli pendakian mengatakan mayat tersebut sudah dipindahkan sementara. Pejabat pariwisata Nepal menambahkan, mereka juga tidak memiliki informasi, apakah mayat masih terlihat atau tidak.

Menurunkan dan memindahkan mayat dari kamp-kamp yang lebih tinggi di Gunung Everest bisa jadi mahal dan sulit. Biaya menurunkan mayat saja $40.000 atau setara Rp572 juta hingga $80.000 atau setara Rp1,1 miliar.

"Salah satu penurunan mayat yang paling sulit adalah dari ketinggian 8.700m, di dekat puncak," kata mantan presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, Ang Tshering Sherpa, dikutip dari BBC, Minggu, 24 Maret 2019.

"Jasad itu benar-benar beku dan beratnya 150 kg serta harus dipindahkan dari tempat yang sulit di ketinggian itu."

Setiap keputusan tentang apa yang harus dilakukan terhadap mayat di Gunung Everest termasuk masalah yang sangat pribadi.

"Kebanyakan pendaki yang tewas suka dibiarkan saja di gunung. Jadi, akan dianggap tidak sopan hanya memindahkan mayat, kecuali mereka perlu dipindahkan dari rute pendakian atau keluarga mereka menginginkannya," tutur pendaki gunung terkemuka, Alan Arnette.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Gletser yang kian menipis

Gletser di Gunung Everest kian menipis. (AFP Photo/Prakash Mathema)

Temuan mayat pendaki di Gunung Everest semakin sering terjadi. Jasad-jasad yang dulu hilang dan terkubur kini bermunculan.

Fenomena ini dikarenakan gletser yang kian menipis. Beberapa penelitian menunjukkan, gletser di wilayah Gunung Everest, seperti di sebagian besar Himalaya, mencair dan menipis dengan cepat.

Studi pada tahun 2015 mengungkapkan, telaga di Gletser Khumbu, yang harus diseberangi pendaki makin mencair dan meluas. Tim peneliti lain, termasuk staf Universitas Leeds dan Aberystwyth di Inggris mengebor Gletser Khumbu tahun lalu.

Mereka menemukan, es lebih hangat dari yang diperkirakan. Suhu minimum es di Gunung Everest hanya minus 3,3 derajat Celsius, es paling dingin pun menjadi 2 derajat Celsius lebih hangat daripada suhu udara tahunan rata-rata.

Namun, tidak semua mayat yang muncul dari bawah es karena mencairnya gletser. Adanya pergerakan Gletser Khumbu, kata pendaki gunung juga menjadi salah satu penyebab.

"Karena pergerakan Gletser Khumbu, kami dapat melihat mayat yang terkubur selama bertahun-tahun bermunculan dari waktu ke waktu," kata wakil presiden Asosiasi Pemandu Gunung Nasional Nepal. Tshering Pandey Bhote.

"Tapi kebanyakan pendaki sudah siap secara mental melihat dan menemukan pemandangan seperti itu (mayat bermunculan)."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dideklarasikan, GenPI Wakatobi Siap Jadi Garda Terdepan Pariwisata Caribbean Van Celebes

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Wangi-Wangi Akselerasi pariwisata Wakatobi dipastikan bakal makin kencang. Setelah Sabtu (23/3), Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Wakatobi resmi dideklarasikan oleh GenPI Provinsi Sulawesi Utara (Sultra).

Dideklarasikan di Taman Budaya Wangi Wangi Wakatobi, GenPI Wakatobi siap menjadi garda terdepan pariwisata Caribbean Van Celebes.

"Kami ucapkan selamat datang bagi GenPI Wakatobi. Selamat menjadi bagian dari garda terdepan promosi pariwisata Indonesia, khususnya di media sosial (medsos)," ujar Ketua Harian GenPI Nasional Siti Chotijah, Sabtu (23/3).

Bagi wanita yang akrab disapa mba Jhe ini, GenPI Wakatobi memiliki fungsi yang sangat strategis. Karena Wakatobi merupakan 1 dari 10 Bali Baru yang digagas oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

GenPI Wakatobi akan diplot sebagai sebagai agent promosi efektif. Menjadi pasukan yang militan melakukan penetrasi pasar. Eksekusinya memakai konsep go digital. Memanfaatkan peran medsos. Bisa melalui blog, facebook, twitter, instagram, path, juga lainnya.

"GenPI saat ini telah membangun networking sosial media. Membernya telah mencapai lebih dari 15 ribu diseluruh Indonesia. Mereka tersebar di 34 provinsi serta regional khusus. Harapan kami komunitas ini mampu bersinergi dan mendorong serta bermanfaat untuk pariwisata Indonesia khususnya melalui medsos," terang Jhe

Deklarasi tersebut pun mendapat support penuh dari diberbagai pihak. Ini dibuktikan dengan hadirnya Asisten 2 Wakatobi Yusnan Yusuf serta Kabid Komunikasi Bidang Media Digital Kemenpar Titus Harijadi. Deklarasi ini juga dihadiri oleh 60 netizen pecinta pariwisata Wakatobi yang berasal dari berbagai komunitas.

"Kehadiran GenPI sangat penting sebagai own media bagi Wakatobi. Melalui tangan netizen, Wakatobi akan lebih dikenal oleh dunia dengan segala potensi pariwisatanya. Karena dapat disosialisasikan secara masif dan efektif melalui medsos," kata Titus.

Pada deklarasi ini Amal Hermawan secara aklamasi terpilih menjadi Koordinator GenPI Wakatobi. Dirinya didaulat memimpin GenPI Wakatobi untuk dapat aktif melakukan promosi pariwisata Wakatobi.

"Wakatobi sebagai daerah prioritas atau dikenal dengan sebutan 10 Bali Baru harus senantiasa di promosikan dan lebih dikenalkan ke dunia. Potensin Wakatobi khususnya dunia bawah lautnya sudah tersohor di penjuru dunia. Kami berharap kehadiran kami akan dapat mengundang banyak wisatawan untuk datang menikmati Wakatobi," ujar Amal.

 

Apresiasi terbentuknya GenPI Wakatobi

Genpi Wakatobi

Terpisah, Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi I pada Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Hariyanto, yakin GenPI Wakatobi akan menambah amunisi pariwisata kelas dunia yang dimiliki daerah tersebut.

Menurut Hariyanto, ini ibarat perang, dalam arti yang postif tentunya, dimana setiap komunitas harus mengenali musuh dan memiliki strategi untuk memenangkan daerahnya melalui digital marketing.

"Kalian harus kompak dan mempelajari serta persiapkan strategi dengan baik untuk mempromosikan pariwisata Wakatobi," kata Hariyanto.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun memberikan selamat atas terbentuknya GenPI Wakatobi. GenPI merupakan bagian dari implementasi program yang telah ditetapkan Kemenpar. Oleh sebab itu pemerintah Wakatobi harus membangun jejaring melalui para blogger dan medsos untuk melakukan promosi destinasi wisata yang ada di Wakatobi.

"Karena pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa bantuan berbagai pihak terkait pariwisata, termasuk komunitas yang sekarang telah resmi sebagai GenPI Wakatobi, yang siap memviralkan pariwisata Wakatobi di dunia maya," kata Menpar Arief Yahya.

Soal potensi, Menpar tak pernah ragu akan keindahan Wakatobi. Daerah ini merupakan salah satu destinasi bahari terbaik di Indonesia. Kekayaan bawah lautnya sunguh memukau.

Wakatobi memiliki 750 dari total 850 spesies koral yang ada di dunia. Daerah ini memiliki lebih dari 112 jenis karang dari 13 familia. Biota lautnya sudah pasti melimpah dengan 93 jenis ikan. Bahkan kawanan paus sperma sering datang berkunjung ke Wakatobi. Wakatobi juga menjadi tempat bermain ikan pari manta (Manta ray) yang ukuran tubuhnya tergolong raksasa.

Bukan saja bawah lautnya, budaya Wakatobi pun luar biasa dengan Suku Bajo-nya. Kehidupan desa-desa yang ada di pulau-pulau Wakatobi sangat menarik untuk disambangi.

"Pesonanya sudah tidak diragukan. Saya yakin akselerasi akan semakin cepat dengan hadirnya GenPI Wakatobi. Salam Pesona Indonesia. GenPI! Gasss," ucap Menpar Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy S10 Plus

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Istanbul - Salah satu landmark dari Kota Istanbul, Turki adalah Hagia Sophia atau dalam bahasa Turki disebut Aya Sopya. Bangunan megah nan eksotis ini memiliki sejarah panjang, khususnya bagi umat Kristen dan Islam.

Selain usia dan sejarahnya, keindahan arsitekturnya juga sangat mengagumkan karena dibuat berabad-abad lampau. Tekno Liputan6.com berkesempatan mengabadikan keindahan Hagia Sophia ini dengan menggunakan Samsung Galaxy S10 Plus.

Ponsel pintar kelas premium ini memiliki kamera berteknologi baru yang sangat cerdas. Ini membuat pengambilan gambar dan video menjadi lebih mudah. Hasilnya pun setara dengan fotografer profesional.

Galaxy S10 plus ini memiliki dua kamera depan dengan resolusi 10MP dan 8MP serta 3 kamera belakang dengan resolusi 16MP, 12MP dan 12MP.

Berikut beberapa hasil jepretan kamera Galaxy S10 Plus:

Alun-alun depan Hagia Sophia. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Video Slow Motion

Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Saat mengabadikan keindahan Hagia Sophia, kami menjajal fitur-fitur unggulan Samsung Galaxy S10 plus. Misalnya, saat mengabadikan burung liar yang beterbangan di taman depan Hagia Sophia, kami bisa menggunakan fitur super slow-mo.

Dengan fitur yang menawarkan video dua kali lebih lambat dari biasanya, kami bisa melihat dengan jelas indahnya kepakan sayap burung.

Selain itu, dalam fitur ini kami bisa langsung memotong adegan slow motion mana yang tak dibutuhkan.

Video Stabil dengan Super Steady

Alun-alun depan Hagia Sophia. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Kemudian, kami juga bisa mengabadikan keramaian Hagia Shopia dengan video yang memiliki fitur super steady. Dengan fitur ini, para kreator konten pemula tak perlu khawatir video akan goyang.

Meski menggunakan tangan saat pengambilan gambar, adanya fungsi Super Steady dari Samsung Galaxy S10 plus akan sangat membantu meminimalisir adanya goncangan ketika tengah mengabadikan momen.

Dengan adanya fitur super steady, para kreator dapat membuat video dengan kualitas baik dan mulus tanpa guncangan meski tak menggunakan tripod.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAM Jaya Permudah Akses Air Bersih untuk Warga Kurang Mampu

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PAM Jaya dan PT Aetra Air Jakarta meresmikan program kemudahan akses air bersih untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Hingga 2019, PAM Jaya dan Aetra telah melayani 10 ribu sambungan. Jumlah sambungan baru untuk kelompok MBR akan terus digenjot. Salah satunya adalah di Gongseng, Jakarta Timur. 

Di wiliayah padat penduduk di Jakarta Timur tersebut tengah dilakukan penanaman pipa sepanjang 8,2 kilometer.

Potensi penambahan jumlah sambungan baru di area tersebut diperkirakan akan bertambah sebesar 2,312 pelanggan atau setara dengan penambahan 13.872 jiwa. 

Data terakhir Februari 2019, PAM Jaya dan Aetra telah melayani kelompok MBR lebih dari 10 ribu sambungan.

Direktur utama PT Aetra Air Jakarta Edy Hari Sasono menjelaskan, selain menjamin kemudahan pemasangan, harga jual air pun sangat terjangkau. 

"Hanya dengan Rp 33.000 per bulan atau Rp 1.100 per hari, masyarakat bisa mendapatkan air bersih sebanyak 10.000 liter, sesuai Permendagri 23 tahun 2006," ujar Edy Hari Sasono, seperti ditulis Minggu (24/3/2019).

 

 

Target 2019

Pegawai PAM kerap mensosialisasikan terkait penyaluran air bersih di Muara Baru. Namun, wacana tersebut tak pernah terealisasi sampai saat ini. (Liputan6.com/Rifqi)

Harga air yang terjangkau oleh masyarakat berpenghasilan rendah ini, sejalan dengan tema peringatan Hari Air Sedunia 2019 " 'Leaving No One Behind', yang mengandung makna air untuk semua. 

Dalam kesempatan yang sama Dirut PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, PAM Jaya pada 2019 menargetkan pemasangan keran air siap minum (fountain water) pada 100 titik di seluruh DKI Jakarta. Salah satunya diresmikan di Kelurahan Kebon Bawang Jakarta Utara.

"Agar air bersih siap minun tersebut dapat dinikmati masyarakat luas, maka penempatannya dipilih dilokasi strategis, seperti kantor layanan publik pemerintah, mesjid, dan sekolah," tambah Priyatno.

Khusus mengenai Aetra, melalui dua Instalasi Pengolahan Air (IPA), telah mencapai kapasitas produksi 10.500 liter per detik dengan jumlah sambungan lebih dari 456.990 sambungan (data Januari 2019) yang tersebar di seluruh Jakarta Timur, sebagian Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Brasil Merasa Terintimidasi Selama Perkuat MU

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Nantes - Bek asal Brasil, Fabio Da Silva pernah memperkuat Manchester United (MU) pada 2008 hingga 2014. Dia mencatatkan 56 penampilan selama memperkuat Setan Merah, sebutan MU.

Fabio dikatakan sebagai pemain yang tidak beruntung bersama MU. Sebab, dia harus bersaing dengan Patrice Evra yang tidak tergantikan di pos kiri pertahanan Setan Merah.

Selain Evra, Fabio merasa terintimidasi. Ya, dia sering mengalami cedera yang membuatnya menjadi pilihan kedua manajer Setan Merah kala itu, Sir Alex Ferguson.

"Di MU, saya dikelilingi pemain bintang dan saya merasa terintimidasi. Saya mengalami cedera dan saya tidak berkembang seperti harapan banyak orang. Meski tidak ada Evra, saya masih saja cedera."

"Saya banyak mengalami cedera, tetapi saya punya enam tahun bersama MU dan meraih penampilan pertama saya di Brasil dan memenangi Liga Inggris. Saya tidak gagal, tapi saya belajar banyak," ucap Fabio, dikutip dari ESPN.

 

 

Kenangan Terindah

Fabio Da SIlva. (AFP PHOTO / ANDREW YATES)

Kendati demikian, Fabio masih ingat jelas kenangan terindahnya bersama MU. Saat itu, Ferguson memberikannya kesempatan bermain di final Liga Champions 2010/11 melawan Barcelona.

"Saya sulit tidur sebelum pertandingan. Saya bisa tidur nyenyak hanya tiga jam. Saya teringat kalau saya pernah menyaksikan laga keduanya sebagai seorang bocah, dan sekarang saya akan bermain untuk MU melawan mereka di final Liga Champions," kata Fabio, yang saat ini memperkuat Nantes.

Sayangnya, dia tidak bisa menghentikan Lionel Messi. Setan Merah pun kalah 1-3 dari Barcelona.

"Lionel Messi bukan manusia. Dialah pembedanya. Sulit untuk menyentuh bola ketika Barcelona mengopernya," ujarnya.

 

Dihantui Cedera

Setelah meninggalkan MU, Fabio yang kini berusia 28 tahun sudah memperkuat tiga tim, yakni Cardiff City, Middlesbrough, dan Nantes. Di tiga klub tersebut, dia masih dihantui masalah yang sama seperti memperkuat Setan Merah.

"Saya menderita cedera hamstring pada pertandingan pramusim pertama saya dan absen satu setengah bulan. Entah kenapa saya selalu terkena cedera setiap saya bergabung dengan klub baru, tapi setelah itu semuanya berjalan baik," ucap Fabio mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Heboh Warganet, Tangga di Rumah Sakit Ini Berjalan Sendiri

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak kisah mistis yang kerap terjadi di berbagai tempat termasuk rumah sakit. Ya, kalian nampaknya sudah tak asing jika mendengar sebuah kisah mistis yang terjadi di rumah sakit.

Nampaknya sebuah video yang baru-baru ini viral juga menambah kisah mistis tersebut. Sebuah video yang terjadi di rumah sakit baru-baru ini menghebohkan warga Twitter. Video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan sebuah tangga lipat bergerak maju dengan sendirinya.

Tangga terlihat bergerak maju seperti dituntun oleh seseorang. Namun nyatanya tak ada siapapun yang nampak dalam video tersebut. Dalam video yang diunggah oleh akun @mundus_ardi itu, diketahui bahwa hal ini terjadi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekarwangi, Kabupaten Sukabumi.

Video tersebut seketika mencuri perhatian warganet menuai banyak reaksi. Hingga kini video tersebut telah dibagikan ulang sebanyak 5,6 ribu kali dan mendapat lebih dari seribu komentar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bukan Hal Mistis

Video tanggal lipat jalan sendiri bikin heboh warganet.

Sontak saja banyak warganet yang mengaitkan hal tersebut dengan kejadian mistis. Namun nyatanya tak seperti itu loh. Pihak rumah sakit bahkan telah menjelaskan bahwa hal itu bisa saja terjadi ketika tangga lipat alumunium dipengaruhi gaya gravitasi dan berada pada lantai miring. Sehingga bukanlah hal yang aneh bila terjadi pergerakan. Selain itu karena memiliki empat kaki maka tangga tersebut bergeser sendiri sehingga sekilas nampak seperti digerakkan oleh seseorang. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Saksofon The Rollies Meninggal Dunia

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari dunia musik Tanah Air. Band legendaris The Rollies kembali ditinggal satu personel sekaligus pendirinya. 

Peniup Saksofon The Rollies, Teungku Zulian lskandar dikabarkan meninggal dunia. Kabar tersebut menyebar luas di grup percakapan awak-awak media. Di media sosial, pelukis Herry Dim juga mengabarkan hal yang sama. 

"PILEULEUYAN Kang Is... innalillahi wainna ilaihi raji'un, telah berpulang Teungku Zulian Iskandar, salaseorang personel The Rollies yang dikenal dengan panggilan Iis Rollies," tulisnya pada Minggu (24/3/2019). 

Dimakamkan 

Saksofonis The Rollies Tutup Usia. (facebook.com/herry.dim.5)

Dari unggahan Herry Dim di Facebook, diketahui bahwa jenazah akan dimakamkan di dekat rumah duka di Cimahi, Jawa Barat,

"Almarhum meninggal pkl 09:00 saat dirawat di RS Cibabat, menurut rencana akan dimakamkan di pemakaman yang tak jauh dari rumah duka Komp Cihanjuang jl Kemuning 3 No 3 Blok C, Cimahi.*," lanjutnya.  

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Perempuan Pukul Pria dalam Sebuah Perayaan di India

Posted: 23 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lathmar Holi adalah sebuah festival tahunan di India. Dalam perayaan ini para wanita memukul pria dengan tongkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani: Dibangun Pakai Duit Rakyat, Warga Harus Ikut Jaga MRT Jakarta

Posted: 23 Mar 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginginkann agar kehadiran Moda Raya Terpadu/Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta bisa dijaga bersama oleh seluruh masyarakat. Sebab, pembangunan moda transportasi modern ini menggunakan uang masyarakat.

"Seluruh masyarakat dapat ikut berpartisipasi untuk menjaga kebersihan, pengelolaan, dan ketertiban MRT Jakarta. Karena ini adalah dibangun oleh uang rakyat, uang kita semua," ujarnya di kawasan Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Sri Mulyani mengatakan adanya MRT Jakarta ini juga diharapkan dapat memecah kemacetan di Ibu Kota. Sebab, moda transportasi modern ini memiliki kemampuan mobilitas yang besar dan cepat, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Jakarta.

"Ini merupakan investasi yang berharga untuk Jakarta, yang traffic-nya begitu besar dan mobilitas masyarakatnya begitu cepat. Kita berharap proyek seperti MRT akan bisa memecahkan masalah kemacetan," imbuhnya.

MRT Jakarta yang rampung saat ini merupakan Tahap I yakni rute Bundaran HI - Lebak Bulus, yang kemudian akan dilanjutkan dengan pembangunan Tahap II rute Bunderan HI-Kota. Nantinya, MRT Jakarta ini juga kan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya yakni Transjakarta dan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT).

"Seluruh moda transportasi akan dihubungkan, jadi yang ini pun akan dibangung tahap keduannya dan dihubungkan dengan moda transportasi seperti Transjakarta dan LRT," katanya.

Seperti diketahui, MRT Jakarta membuka uji coba publik sejak 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 kilometer itu melawati sebanyak 13 stasiun. Tujuh diantaranya adalah stasiun layang yang berada di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.

Sedangkan stasiun bawah tanah berada di Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inikah Rekrutan Pertama Ole Gunnar Solskjaer untuk MU?

Posted: 23 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer memang belum resmi menjadi manajer permanen Manchester United (MU). Namun, dia sudah memiliki rencana transfer yang akan dilakukannya pada bursa transfer musim panas mendatang.

Solskjaer, seperti dikutip dari Daily Mail, tertarik mendatangkan striker muda Chelsea, Callum Hudson-Odoi ke markas MU, Old Trafford Stadium.

Callum Hudson-Odoi telah bergabung dengan akademi Chelsea pada 2007. Ia mulai menembus skuat senior pada 2017. Pada tahun tersebut, Hudson-Odoi mendapatkan kesempatan dua kali tampil di Liga Inggris dari Antonio Conte. Meskipun menunjukkan performa positif, Maurizio Sarri tak begitu mempercayainya.

Pada musim 2018/19, Hudson-Odoi sudah mencatatkan 11 penampilan dan menyumbang dua gol untuk Chelsea, termasuk golnya ketika Chelsea berhadapan dengan Sheffield Wednesday di Piala FA.

Untuk mendapatkan pemain kelahiran, Wandsworth, Inggris tersebut, MU harus mengeluarkan mahar yang lumayan mahal untuk pemain muda. Ya, Hudson-Odoi memiliki klausul jual seharga 35 juta pound sterling atau stara dengan Rp 655 miliar.

Peluang Setan Merah mendapatkan pemain berusia 18 tahun itu terbilang besar. Sebab, Chelsea belum memulai pembicaraan untuk menambah kontraknya yang bakal berakhir dalam 18 bulan ke depan.

Namun, MU tak sendirian, raksasa Jerman, Bayern Munchen juga tertarik kepada Hudson-Odoi. Bahkan, Munchen sudah mengajukan tawaran sebesar 30 juta pound sterling kepada Chelsea.

Ingin Main Reguler

Striker Chelsea, Callum Hudson-Odoi, melakukan selebrasi usai membobol gawang PAOK Thessaloniki pada laga Liga Europa di Stadion Stamford Bridge, Kamis (29/11). Chelsea menang 4-0 atas PAOK Thessaloniki. (AP/Matt Dunham)

Callum Hudson-Odoi tak sabar untuk mendapat kesempatan tampil secara reguler di Chelsea. Dia disebut sebagai striker yang sangat bertalenta hasil didikan akademi Chelsea.

Kondisi tersebut membuat Hudson-Odoi mempertimbangkan untuk hengkang. Tawaran pun datang dari Bayern Munchen dan MU.

Bahkan, dia memang sudah meminta manajemen Chelsea untuk melepasnya pada bursa transfer musim panas mendatang.

 

Pemain Termuda Inggris

Pekan ini, dia mencetak rekor untuk Timnas Inggris. Hudson-Odoi menjadi pemain termuda yang pernah bermain untuk Timnas Inggris.

Dia mencatatkan debutnya bersama The Three Lions saat menang 5-0 atas Republik Ceko. Saat bermain, usianya masih 18 tahun dan 135 hari, memecahkan rekor yang dicatatkan Duncan Edward selama 63 tahun.

Ketika itu, Duncan Edward berusia 18 tahun dan 183 hari saat mencatatkan debut bersama Timnas Inggris pada 1955.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Gaya Busana Hamil Keluarga Kerajaan Inggris, dari Ratu Elizabeth Hingga Meghan Markle

Posted: 23 Mar 2019 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keluarga Kerajaan Inggris selalu menjadi sorotan publik, tak terkecuali busana yang dikenakan para anggota keluarga. Dari ujung kepala hingga ujung kaki, penampilan para anggota keluarga Kerajaan Inggris tak pernah lepas dari perhatian media. 

Salah satunya adalah busana hamil yang dikenakan Ratu Elizabeth, Putri Diana, Kate Middleton, hingga Meghan Markle. Seiring dengan perkembangan zaman, busana yang dikenakan pun mengalami perubahan.

Dari Ratu Elizabeth hingga Meghan Markle memiliki seleranya masing-masing, yang disesuaikan dengan kode etik kerajaan.

Meghan Markle yang kini sedang mengandung pun seringkali menjadi pembicaraan, terlebih dirinya adalah mantan aktris yang dulunya kerap menghiasi layar televisi.

Nah, lalu seperti apa perbedaan busana hamil keluarga Kerajaan Inggris yang identik dengan keanggunannya itu? Yuk simak adu gaya busana hamil anggota keluarga kerajaan yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019).

Foto pertama sejak berita kehamilan Ratu Elizabeth, bersama Perdana Menteri Ghana, Kwame Nkrumah dan Putri Anne.

Ratu Elizabeth bersama Perdana Menteri Ghana (Sumber: Insider)

Gaya Ratu Elizabeth saat mengunjungi Pangeran Philip di Malta tahun 1950.

Gaya Ratu Elizabeth saat mengunjungi Pangeran Philip (Sumber: Insider)

Menghadiri penampilan balet, Ratu Elizabeth mengenakan setelan hitam saat mengandung Pangeran Edward.

Ratu Elizabeth mengenakan setelan hitam (Sumber: Insider)

Putri Diana mengenakan jas Bellville Sassoon berwarna merah pada hari diumumkannya kehamilan pertama pada tahun 1981.

Putri Diana mengenakan jas Bellville Sassoon berwarna merah. (Sumber: Insider)

Sedang mengandung Pangeran William, Putri Diana hadir bersama Akio Morita, kepala perusahaan Sony.

Putri Diana hadir bersama Akio Morita, kepala perusahaan Sony. (Sumber: Insider)

Pada tahun 1982, tepatnya di acara perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth, Putri Diana terlihat menonjol dengan gaun hijaunya lengkap dengan hiasan kepala dan choker.

Acara perayaan ulang tahun Ratu Elizabeth. (Sumber: Insider)

Kate Middleton dengan gaun biru cerah yang simple dalam acara amal di The National Portrait Gallery di London.

Kate Middleton dalam acara amal di The National Portrait Gallery di London. (Sumber: Insider)

Dalam acara peresmian program sekolah di The Willows Primary School, Kate Middleton terlihat elegan mengenakan gaun dengan motif bunga-bunga.

Peresmian program sekolah di The Willows Primary School. (Sumber: Insider)

Kate Middleton tertangkap kamera mengenakan gaun Seraphine dalam berbagai acara saat kehamilannya. Yang satu ini saat mengunjungi Cape Hill Children's Centre tahun 2015.

Kate Middleton mengunjungi Cape Hill Children's Centre. (Sumber: Insider)

Pesona Kate Middleton semakin menjadi sorotan dengan busana ciptaan Jenny Packham, makin cantik dengan warna terang ya.

Pesona Kate Middleton semakin menjadi sorotan dengan busana ciptaan Jenny Packham. (Sumber: Insider)

Meghan Markle saat mengandung putra pertamanya mengenakan gaun bermotif bunga, mengunjungi Royal Variety Charity.

Meghan Markle mengunjungi Royal Variety Charity. (Sumber: Insider)

Mengenakan desain ternama dari Dior, Meghan Markle semakin terpancarkan kecantikannya dengan gaun panjang berwarna krem.

Meghan Markle mengenakan desain ternama dari Dior. (Sumber: Insider)

Memperingati Hari Wanita Internasional tahun 2019, Meghan Markle tampak memukau dengan gaun dari Reiss dibalut jas hitam.

Meghan Markle memperingati Hari Wanita Internasional tahun 2019. (Sumber: Insider)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Cinta Segitiga, Juragan Tembakau di Temanggung Tewas Dibunuh Istri

Posted: 23 Mar 2019 09:40 PM PDT

Patroli, Temanggung - Rangkaian penyelidikan kasus pembunuhan juragan tembakau dan pupuk Tjiong Boen Siong (62 tahun) warga Parakan, Kabupaten Temanggung, terus berlanjut.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (24/3/2019), aparat Satreskrim Polres Temanggung dan Tim Jatanras Polda Jawa Tengah, menangkap lagi dua orang komplotan pelaku setelah sebelumnya menangkap tiga tersangka.

Motif pembunuhan Tjiong Boen bermotif cinta segitiga. Dua pelaku Permadi dan Nurfatia, istri korban, diduga sebagai perencana sekaligus otak aksi kejahatan.

Tak ingin jalinan asmara terlarangnya terbongkar korban, keduanya bersiasat menghabisi nyawa Tjiong Boen.

Kedua sejoli itu memerintahkan tiga pelaku lain sebagai eksekutor pembunuh Tjoing Boen dan membuangnya di perkebunan kopi Rabu lalu dengan imbalan Rp 20 juta.

Tjoing Boen seorang pengusaha tembakau ditemukan tewas Rabu lalu setelah selama satu pekan dilaporkan keluarganya hilang. Jasadnya didapati polisi di sebuah areal perkebunan kopi dalam kondisi mengenaskan lantaran terdapat sejumlah luka.

Polisi menyita uang tunai, telepon seluler, dan dua unit mobil milik korban dan tersangka.

Kelima pelaku dijerat pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berecana dengan maksimal hukuman mati. (Rio Audhitama Sihombing)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFC U-23: 3 Pemain Vietnam yang Patut Diwaspadai Timnas Indonesia U-23

Posted: 23 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Hanoi - Timnas Vietnam tampil gemilang pada laga pembuka penyisihan Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan mengalahkan Brunei Darussalam 6-0, Jumat (22/3/2019). Ketangguhan The Young Golden Dragons tak terlepas dari materi pemain yang dimiliki.

Kemenangan telak atas Brunei itu membuat Vietnam kini memuncaki klasemen Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dengan raihan tiga poin. Mereka unggul agresivitas gol dari Thailand yang juga punya poin sama.

Hal ini tentu saja menjadi sinyal bahaya buat Timnas Indonesia U-23. Vietnam akan menjadi lawan pasukan Indra Sjafri pada pertandingan kedua Grup K, Minggu (24/3/2019).

Indonesia memang punya kenangan manis ketika mendepak Vietnam dengan skor 1-0 pada semifinal Piala AFF U-22 2019. Namun, skuat yang dihadapi dulu sangat berbeda dengan saat ini.

Timnas Vietnam U-23 saat ini diasuh pelatih berpaspor Korea Selatan, Park Hang-seo. Dia memboyong pemain-pemain jempolan demi bisa mengunci satu tiket ke Piala AFC U-23 tahun depan di Thailand.

Lantas, siapa saja pemain Timnas Vietnam U-23 yang patut diwaspadai? Berikut ini tiga pemain Vietnam U-23 yang siap mengancam dan merepotkan lini pertahanan Timnas Indonesia U-23 versi Bola.com:

Tran Danh Trung

Tran Danh Trung menjadi salah satu pemain Vietnam U-23 yang patut diwaspadai di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. (dok. The Thao 247)

Tran Danh Trung menjadi salah seorang pemain yang patut diwaspadai Timnas Indonesia U-23. Meski baru berusia 19 tahun, Tran Dan Trung memiliki kemampuan yang tajam di depan gawang lawan.

Bomber milik klub Vietnam, Hue, itu pada Piala AFF U-22 2019 mampu mencetak tiga gol. Tran Danh Trung pada laga melawan Brunei memang bermain, namun belum bisa menyumbang gol.

Laga melawan Timnas Indonesia U-23 diprediksi akan dimanfaatkan Tran Danh Trung untuk mencetak gol. Hal ini tentu saja menjadi ancaman buat pasukan Indra Sjafri.

Nguyen Hoang Duc

Nguyen Hoang Duc menjadi salah satu pemain Vietnam U-23 yang patut diwaspadai di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. (dok.Zing.vn)

Nguyen Hoang Duc merupakan pemain yang punya kemampuan di lini tengah. Penampilan apiknya bersama klub lokal membuat pelatih Park Hang-seo tertarik.

Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 menjadi panggung pertama Nguyen Hoang Duc di Timnas Vietnam U-23. Pada laga melawan Brunei Darussalam, Nguyen Hoang Duc mampu memberikan penampilan terbaik di lini tengah dan menjaga keseimbangan tim.

Ha Duc Chinh

Ha Duc Chinh menjadi salah satu pemain Timnas Vietnam U-23 yang patut diwaspadai di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. (dok. Zing.vn)

Ha Duc Chinh merupakan tipikal penyerang yang garang di depan gawang lawan. Pada Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 melawan Brunei, Ha Duc Chinh sukses mencetak satu gol dalam kemenangan 6-0.

Ha Duc Chinh merupakan penyerang murni Timnas Vietnam U-23. Ha Duc Chinh sering mengandalkan suplai bola dari Tran Binh dan Hoang Duc.

Meski begitu, Ha Duc Chinh sesekali berani menujuk jantung pertahanan lawan. Bisa dipastikan, Ha Duc Chinh menjadi ancaman nyata buat lini pertahanan Timnas Indonesia U-23.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua DPRD DKI: Tarif MRT Jakarta Diketok Senin 25 Maret

Posted: 23 Mar 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Moda Raya Terpadu (MRT) telah diresmikan Presiden Jokowi. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meyatakan, tarif MRT Jakarta akan disepakati sebelum operasional komersil pada Senin, 1 April 2019.

"Senin (25 Maret 2019) Insyaallah akan diketok," kata Prasetio di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Politikus PDI Perjuangan ini menyatakan, pada Senin 25 Maret 2019 rencananya Komisi B dan C DPRD DKI Jakarta akan menggelar rapat pimpinan gabungan untuk menentukan tarif MRT. Dia menyebut kira-kira harga yang akan disepakati di antara harga Rp 10 ribu-Rp 16 ribu.

Lanjut dia, nantinya tarif juga ditentukan berdasarkan jarak tempuh penumpang. Sehingga setiap penumpang dapat dikenakan tarif yang berbeda.

"Kalau duduk masuk Rp 3 ribu nih, nah per kilometernya Rp 1000. Kalau mau ke halte yang satunya lagi naik seribu, enggak langsung tek tek Rp 16 ribu," papar dia.

Karena hal itu, Prasetio menilai masyarakat Ibu Kota mampu untuk membayar tarif MRT yang ada.

"Saya rasa masyarakat Jakarta mampu lah, kan kita untuk menekan dan mengurai masalah kemacetan. Jadi layak lah segitu supaya Jakarta agak lebar," jelasnya.

 

Telah Diresmikan Jokowi

Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta fase pertama akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi pada hari ini, 24 Maret 2019 di Bundaran HI, Jakarta Selatan. Peresmian ini diadakan saat Car Free Day dan dimeriahkan oleh artis papan atas yaitu D'Massiv, Naff dan Barasuara.

Presiden Jokowi menyatakan peresmian hari ini dibarengi dengan dimulainya pembangunan MRT fase kedua dengan rencana rute Bundaran HI - Kota.

"Hari ini sebuah peradaban baru akan kita mulai dengan diresmikannya MRT fase pertama. Ini baru fase pertama. Hari ini kita canangkan untuk masuk fase kedua. Tahun ini saya sudah perintahkan Gubernur untuk bangun rute Jakarta Utara," ungkap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Peringkat Kemudahan Akses Listrik RI Membaik

Posted: 23 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero) I Made Suprateka menyatakan,‎ konsumsi listrik yang besar selama ini dianggap sebagai pemborosan.

Namun data yang ada memperlihatkan, semakin besar konsumsi listrik sebuah negara, maka semakin maju ekonominya. 

"Indikator kemajuan ekonomi suatu negara diukur dari konsumsi energi per kapita. Dengan mengoptimalkan listrik yang tersedia, melalui pemanfaatan untuk produktivitas dan melalui pemerataan listrik ke seluruh wilayah Indonesia, maka ekonomi Indonesia akan semakin meningkat," ujar dia di Jakarta, Sabtu (23/3/2019).

‎Menurut data yang dimiliki PLN pada 2016 menunjukkan, konsumsi listrik per kapita Indonesia saat itu mencapai 956 kWh per kapita.

Sementara, negara-negara maju konsumsi listrik per kapitanya lebih tinggi berkali-kali lipat dari Indonesia. Sebut saja Amerika Serikat yang mencapai 12.820 kWh per kapita, Korea Selatan 10.620, Jepang, 7.970, dan Inggris 5.030 kWh per kapita. 

Bahkan dibanding negeri jiran pun konsumsi listrik Indonesia tertinggal cukup jauh. Seperti Singapura yang mencapai 9.040 kWh per kapita, Malaysia 4.660 kWh, Thailand 2.870 dan bahkan Vietnam yang konsumsi listrik per kapitanya nyaris dua kali lipat dari Indonesia di angka 1.620 kWh per kapita. 

Meski demikian, lanjut Made, tingkat konsumsi listrik Indonesia terus menunjukkan kemajuan yang signifikan setiap tahun. Pada 2016 konsumsi listrik Indonesia mencapai 956 kWh per kapita. Sementara 2018 lalu konsumsi listrik di Indonesia sudah menembus 1.064 kWh per kapita.

"Kemajuan peningkatan konsumsi listrik itu sendiri menjadi cermin kinerja maksimal PLN dalam menerangi Nusantara. Kinerja PLN pun secara tak langsung tercermin dalam data yang dirilis hasil survei Ease of Doing Business yang digelar World Bank," kata dia.

 

Peringkat RI

Petugas PLN melakukan penyambungan penambahan daya listrik di Jakarta, Rabu (21/6). Menyambut lebaran, PLN memberikan bebas biaya penyambungan untuk rumah ibadah dan potongan 50 persen untuk pengguna selain rumah ibadah. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Made juga menjelaskan, kemudahan akses mendapatkan listrik di Indonesia atau Getting Electricity Indonesia saat ini sudah jauh semakin mudah dibanding 5 tahun silam.

Dalam indikator Getting Electricity, pada 2014 Indonesia berada di urutan 101. Sementara di 2019, peringkat Indonesia melesat nyaris 3 kali  lipat menjadi urutan 33. 

"Peningkatan kemudahan mendapatkan listrik di Indonesia menjadi bukti, kinerja PLN dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia, sekaligus meningkatkan daya saing industri di Indonesia untuk menjadi top ten (10) ekonomi dunia," ungkap dia.

Lonjakan peringkat itu sendiri, kata dia, tidak lain berkat dibangunnya jaringan pembangkit, transmisi listrik dan gardu induk di seluruh wilayah Indonesia. 

"Sejak tahun 2015 telah dibangun lebih dari 35 ribu Megawatt pembangkit, 14.400 kilometer sirkuit jaringan transmisi serta 56 ribu Mega volt Ampere Gardu Induk di seluruh Indonesia. Dengan demikian terjadi kenaikan supply listrik dari pembangkit-pembangkit yang telah dibangun yang telah memasuki masa operasional (COD),"

Namun demikian, PLN berupaya untuk terus meningkatkan laju penjualan listrik di Indonesia demi mendukung bertumbuhnya perekonomian nasional. 

Made memaparkan, realisasi penjualan listrik PLN pada 2018 mencapai 232 TwH, atau bertumbuh 5,15 persen dari penjualan di 2017.

Sementara pertumbuhan pelanggan sepanjang 2018 mencapai 5,65 persen dari 2017 yang mencapai 68 juta pelanggan menjadi 71,9 juta pelanggan. Daya tersambung listrik juga mengalami kenaikan menjadi 130.281 Mega volt Amper (MvA) dari tahun sebelumnya 112.018 MvA. 

"Hasil yang dicapai PLN dalam meningkatkan penjualan listrik memang cukup baik, meskipun masih belum sesuai dengan target awal PLN yang menetapkan target pertumbuhan konsumsi listrik nasional mencapai 7 persen di 2018," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peringati Hari Air Sedunia, Ratusan Peserta Ikuti Lomba Lari

Posted: 23 Mar 2019 09:30 PM PDT

Peserta Water Run mengikuti lomba lari saat memperingati Hari Air Sedunia di area car free day, Jakarta, Minggu (24/3). Momentum peringatan Hari Air Sedunia tersebut bertujuan mengkampanyekan

Peserta Water Run mengikuti lomba lari saat memperingati Hari Air Sedunia di area car free day, Jakarta, Minggu (24/3). Momentum peringatan Hari Air Sedunia tersebut bertujuan mengkampanyekan "air untuk semua" yang diadopsi dari tema global yakni Leaving No One Behind. (merdeka.com/Arie Basuki)

Peserta Water Run bersiap mengikuti lomba lari saat puncak peringatan Hari Air Sedunia tahun 2019 di area car free day kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (24/3). Momentum peringatan Hari Air Sedunia tersebut bertujuan mengkampanyekan

Peserta Water Run bersiap mengikuti lomba lari saat puncak peringatan Hari Air Sedunia tahun 2019 di area car free day kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (24/3). Momentum peringatan Hari Air Sedunia tersebut bertujuan mengkampanyekan "air untuk semua". (merdeka.com/Arie Basuki)

Peserta Water Run mengikuti lomba lari saat memperingati Hari Air Sedunia di area car free day, Jakarta, Minggu (24/3). Momentum peringatan Hari Air Sedunia tersebut bertujuan mengkampanyekan

Peserta Water Run mengikuti lomba lari saat memperingati Hari Air Sedunia di area car free day, Jakarta, Minggu (24/3). Momentum peringatan Hari Air Sedunia tersebut bertujuan mengkampanyekan "air untuk semua" yang diadopsi dari tema global yakni Leaving No One Behind. (merdeka.com/Arie Basuki)

Aktivis saat mengkampanyekan

Aktivis saat mengkampanyekan "air untuk semua" yang diadopsi dari tema global yakni Leaving No One Behind selama puncak peringatan Hari Air Sedunia tahun 2019 di area car free day kawasan Sudirman, Jakarta, Minggu (24/3). (merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Psychedelic Daydreams, Koleksi Eksperimental Kraton Auguste Soesastro

Posted: 23 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kraton Auguste Soesastro mempersembahkan koleksi terbaru bertajuk Psychedelic Daydreams. Busana-busana tersebut diperagakan Plaza Indonesia Fashion Week 2019 yang digelar di The Warehouse, Level 5 Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis, 21 Maret 2019.

Auguste Soesastro melakukan eksplorasi pada karya teranyarnya. Hal tersebut menciptakan suguhan yang berbeda dari busana-busana yang biasa ia rancang dengan tujuan memberi pilihan lebih banyak kepada klien.

"Dari dulu saya bermain aman, warna settle dan bahan tidak pakai yang aneh karena saya nggak mau klien takut. Kali ini, pendewasaan saya mengajak klien journey ke tempat lain dan memberi opsi lain," kata Auguste Soesastro di Plaza Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Koleksi Kraton Auguste Soesastro di Plaza Indonesia Fashion Week 2019. (dok. Plaza Indonesia)

Perancang busana yang dibesarkan di Belanda, Amerika, dan Australia ini juga mengungkapkan di balik salah satu koleksi busana Psychedelic Daydreams. Ini adalah wujud dari eksplorasi dan mencoba hal-hal baru.

"Warna baju ada merah, ungu, fuchsia. Koleksi ini proporsi lebih dari setengah. Fabric eksperimental baru pertama kali diperlihatkan di Plaza Indonesia Fashion Week beda dari yang ditampilkan selama ini," tambahnya.

Koleksi Kraton Auguste Soesastro di Plaza Indonesia Fashion Week 2019. (dok. Plaza Indonesia)

Sementara, koleksi terbaru Kraton Auguste Soesastro merupakan sebuah perjalanan imajiner pada couture Paris era 60-an hingga New York era 80-an. Meski begitu tetap menampilkan bentuk dari Kraton.

Koleksi ini menghadirkan pola geometris dan fantasi dengan warna-warna cerah dan netral. Ada pula siluet dan garis-garis yang tetap sama dari ciri khas Kraton namun dengan sentuhan berbeda.

Koleksi Kraton Auguste Soesastro di Plaza Indonesia Fashion Week 2019. (dok. Plaza Indonesia)

Psychedelic Daydreams adalah bentuk eksplorasi eksperimental volume. Rancangan ini memberi kebebasan kepada pemakai untuk hadir pada acara-acara yang relevan dengan gaya hidup profesional dan sosial saat ini.

Ada pun jangkauannya koleksi fashion terbaru Kraton Auguste Soesastro mencakup pada makan siang, koktail, dan pakaian malam. Pemakai dapat memadukannya sesuai selera dan acara yang dihadiri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jennifer Lopez dan Alex Rodriguez Tunangan, Obama Ucapkan Selamat

Posted: 23 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertunangan Jennifer Lopez (J-Lo) dan mantan atlet bisbol Alex Rodriguez menuai banyak reaksi positif. Salah satunya berasal dari Barrack Obama. Mantan Presiden Amerika Serikat itu bahkan menyampaikan ucapan selamat secara langsung.

"Michelle dan saya ingin menyampaikan ucapan selamat untuk pertunangan Anda. Setelah 26 tahun bersama, kita dapat mengatakan bahwa apa pun tantangan hidup yang mungkin terjadi, berbagi dengan seseorang yang Anda cintai membuat semuanya lebih baik," tulis Obama dalam ucapan kepada Jennifer Lopez itu, Sabtu (23/3/2019).

Ucapan selamat dari Obama dan istrinya, Michelle Obama, ditulis dengan tangan. Tulisan itu lantas diunggah oleh Alex Rodriguez melalui akun Instragam.

"Ini berarti dunia bersama kami," tulis Alex Rodriguez dalam keterangannya. Melalui unggahan lainnya berupa foto tangannya dan Jennifer Lopez memakai cincin tunangan, Rodriguez menulis: "Dia mengatakan ya."

Cincin Jutaan Dolar

Cincin Tunangan Jennifer Lopez dan Alex Rodriguez. (Instagram @arod)

Alex Rodriguez dan Jennifer Lopez mengumumkan pertunangannya Sabtu malam lalu (9/3/2019). Cincin berlian dari Rodriguez kepada tunangannya berharga jutaan dolar.

Sebelum bertunangan dengan Rodriguez, J-Lo sebelumnya pernah menikah dengan Ojani Noa pada Februari 1997. Noa merupakan pelayan restoran yang kemudian menjadi pemiliknya saat berhubungan dengan J-Lo. Pernikahan keduanya hanya berusia kurang dari satu tahun.

J-Lo juga pernah menikah dengan penari latar Cris Judd, namun kemudian bercerai pada 2003 dalam usia pernikahan kurang dari satu tahun. Selanjutnya Jennifer Lopez bertunangan dengan Ben Affleck.

Sempat Batal Menikah

Jennifer Lopez dan Alex Rodriguez dikabarkan tengah bahagia menati kehadiran anak kembarnya. Benarkah itu? (AP Photo)

Duo ikon yang waktu itu disebut sebagai "Bennifer", bertunangan dengan cincin berharga 2,5 juta dolar atau setara Rp35,7 miliar. Namun, pemeran utama film Daredevil itu membatalkan rencana pernikahannya dengan J-Lo empat hari sebelum acara.

Jauh sebelum berhubungan dengan Ben Affleck, J-Lo juga pernah menikah dengan artis salsa Marc Anthony pada 2004 dan keduanya bercerai pada 2014.

(Antaranews.com)

View this post on Instagram

This means the world to us. #44

A post shared by Alex Rodriguez (@arod) on

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Resep Nasi Goreng Megawati Go Public pada Kampanye PDIP di Tangerang

Posted: 23 Mar 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengawali kampanye terbuka di Kota Tangerang, Banten. Namun, di hari pertama, Ketua Umum partai berlambang banteng moncong putih itu tidak hadir.

"Ibu Mega tidak akan hadir dalan kampanye pembukaan. Dan diwakili oleh saya sebagai Sekjen dan Bapak Pramono Anung, dan beberapa kader lain," kata Hasto, Minggu (24/3/2019).

Meski demikian, Megawati hadir tetap melalui resep nasi gorengnya yang diluncurkan saat kampanye. Resep itu sebelumnya sudah dibocorkan ke sejumlah ibu yang ikut lomba memasak nasi goreng resep Megawati. Hasto lalu mencicipi masakan dua orang ibu.

"Mulai hari ini, maka resep kuliner nasi goreng Ibu Mega go public untuk masyarakat Indonesia," kata Hasto setelah mencicipi nasi goreng Megawati yang dimasak Ibu Surani.

Dia sempat menunjukkan sebuah kertas yang berisi resep dan cara memasak nasi goreng Megawati itu. Bumbunya terdiri dari bawang merah, putih, dan bombai. Ditambah sedikit terasi dan daun kol sesuai selera.

Lalu, cabenya ada tiga jenis; gendot, merah keriting, dan cabe rawit. Kemiri 1-2 butir, garam, kecap, dan lemak ayam secukupnya. Semua bahan itu dipadukan dengan mentega, 2 butir telur ayam, dan suiran daging ayam bagian dada.

 

3 Tahap Memasak

Ada tiga tahap dalam memasak resep itu. Pertama memasak bumbu seperti cabe yang dimasak dengan suwiran daging ayam dan lemak ayam.

Tahap kedua adalah menggoreng singkat nasi putih, diikuti menggoreng telur ayam yang lalu dicampurkan dengan nasi tadi. Kecap dimasukkan ke dalamnya dan diaduk-aduk.

Terakhir, bumbu yang disiapkan di tahap pertama dimasukkan ke adonan nasi dan diaduk terus hingga tercampur semuanya.

Hasto mengatakan resep itu awalnya ditemukan Megawati saat ayahandanya, Bung Karno, ingin menjamu makan sejumlah pendemo. Bung Karno lalu meminta Megawati memasak, dan muncullah resep itu.

"Saat Presiden RI Ketiga Abdurrahman 'Gus Dur' Wahid masih hidup, nasi goreng ala Megawati itu adalah salah satu makanan favoritnya," pungkas Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gletser Gunung Everest Mencair, Jasad Para Pendaki Bermunculan

Posted: 23 Mar 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Nepal Fenomena sejumlah mayat pendaki yang hilang dan terkubur selama bertahun-tahun lamanya di Gunung Everest kini bermunculan. Jasad-jasad pendaki mulai bermunculan seiring gletser di Gunung Everest mencair dengan cepat akibat pemanasan global.

Hampir 300 pendaki gunung tewas di puncak sejak upaya pendakian pertama. Dua pertiga pendaki diperkirakan masih terkubur di salju dan es. Jasad- jasad yang ditemukan dipindahkan dari sisi gunung Everest yang berlokasi di Tiongkok saat musim semi.

Lebih dari 4.800 pendaki telah mendaki puncak gunung tertinggi di Bumi ini.

"Akibat pemanasan global, lapisan es dan gletser meleleh dengan cepat. Kemudian mayat-mayat yang tetap terkubur bertahun-tahun kini bermunculan," jelas mantan presiden Asosiasi Pendaki Gunung Nepal, Ang Tshering Sherpa, dikutip dari BBC, Minggu, 24 Maret 2019.

"Kami telah menemukan mayat beberapa pendaki gunung yang meninggal dalam beberapa tahun terakhir, tetapi yang lama terkubur sekarang bermunculan."

Seorang pejabat pemerintah yang bekerja sebagai petugas penghubung di Everest menambahkan, dirinya telah mengevakuasi sekitar 10 mayat dalam beberapa tahun terakhir dari berbagai lokasi di Gunung Everest.

"Sekarang jadi makin banyak dari mereka (jasad pendaki) yang muncul sekarang," ujarnya.

Pejabat dengan Asosiasi Operator Ekspedisi Nepal (EOAN) menyampaikan, mereka menurunkan semua tali dari kamp yang berada lebih tinggi di Gunung Everest dan Lhotse pada musim pendakian. Upaya tersebut untuk memindahkan mayat pendaki.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Mayat yang bermunculan

Mayat bermunculan di Gunung Everest. (iStock)

Pada tahun 2017, tangan seorang pendaki gunung yang tewas muncul di atas tanah di Camp 1. Pengelola ekspedisi mengerahkan pendaki profesional dari komunitas Sherpa untuk memindahkan mayat.

Pada tahun yang sama, mayat pendaki lain muncul di permukaan Gletser Khumbu. Area yang juga dikenal sebagai Air Terjun Khumbu ini adalah tempat sebagian besar mayat muncul dalam beberapa tahun terakhir, menurut para pendaki gunung.

Lokasi lain di Gunung Everest yang bermunculan mayat yakni daerah Camp 4, yang juga disebut South Col. Area ini relatif datar.

"Tangan dan kaki mayat muncul di base camp juga dalam beberapa tahun terakhir," tutur seorang pejabat dari organisasi non-pemerintah yang aktif bertugas di wilayah tersebut.

"Kami memerhatikan, tingkat kepadatan es di dan sekitar base camp telah turun. Itulah sebabnya mayat-mayat menjadi bermunculan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menghitung Peluang Timnas Indonesia U-23 di Piala AFC: Wajib Menang

Posted: 23 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Hanoi - Pertandingan Timnas Indonesia U-23 kontra Vietnam pada matchday kedua Grup K kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Minggu (24/3/2019), merupakan laga hidup mati. Tidak ada kata lain, pasukan Indra Sjafri wajib menang jika ingin menjaga peluang lolos ke fase berikutnya.

Start buruk harus dialami Timnas Indonesia U-23 setelah menelan kekalahan telak 0-4 dari Thailand. Situasi ini membuat Osvaldo Haay dkk. berada pada situasi sulit.

Peluang untuk lolos ke Piala AFC U-23 2020 di Thailand memang belum sepenuhnya tertutup. Namun, Timnas Indonesia U-23 wajib memetik kemenangan pada dua laga sisa dan berharap pada kemungkinan-kemungkinan lain.

Jika mampu memetik kemenangan atas Vietnam dan Brunei, Timnas Indonesia U-23 bakal mengoleksi enam poin. Timnas Indonesia U-23 bakal lolos jika Thailand meraih hasil imbang melawan Brunei dan kembali imbang ketika berjumpa Vietnam.

 

Tidak Ada yang Mustahil

Timnas Indonesia U-23 jelang melawan Timnas Thailand U-23 dalam kualifikasi Piala AFC U-23 2020 di Stadion My Dinh, Hanoi, Jumat (22/3/2019). (Bola.com/Dok. PSSI)

Skenario yang sebenarnya membutuhkan keberuntungan. Namun, tak ada yang mustahil dalam sepak bola karena sebelum peluit panjang dibunyikan, apa pun masih bisa terjadi.

Namun, jika Timnas Indonesia U-23 kembali kalah melawan Vietnam, atau bahkan seri sekali pun, impian untuk tampil di Piala AFC tahun depan harus dikubur. Memang masih ada tiket melalui peringkat kedua terbaik, namun dengan skenario dua kekalahan peluang lolos sangat mustahil jika beradu dalam klasemen kecil.

Jadi, Timnas Indonesia U-23 wajib mati-matian untuk bisa memenangi dua laga sisa di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Selain itu, mari berharap Thailand dan Vietnam tak lagi memetik kemenangan pada laga sisa.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MRT Diresmikan, Warganet: Dari Bangga hingga Nyinyiri Penumpang Lain

Posted: 23 Mar 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo meresmikan angkutan Mass Rapid Transit/ MRT Jakarta, Minggu (24/3/2019). Peresmian angkutan massal terbaru di Ibu Kota inipun disambut oleh warganet, pasalnya MRT dianggap sebagai transportasi yang banyak dipakai di sebuah negara maju seperti di Singapura, Taiwan, atau Hongkong.

Tak hanya milik warga yang ada di lokasi peresmian, yakni di Bundaran HI, gegap gempita kehadiran MRT juga dirayakan oleh warganet di Twitter.

Sejumlah warganet mengaku bangga dengan diresmikannya MRT Jakarta. Seperti pemilik akun @Imam_Wibowo yang menyebut, dirinya bangga Indonesia memiliki MRT.

"Bangga, akhirnya kita resmi punya MRT juga! Mari saling jaga dan mengingatkan biar gak norak, tetap keren dan modern terus," cuitnya.

Namun demikian, ada juga warganet yang masih menyoroti sejumlah foto viral tentang berbagai tingkah tak lazim penumpang MRT.

Di antaranya adalah foto yang memperlihatkan sejumlah penumpang makan sambil duduk di lantai, penumpang yang berdiri di atas bangku kereta, hingga penumpang yang bergelantung di handgrip kereta sembari foto-foto.

Pengguna dengan akun @anggiapragita menyebut, siklusnya selalu ada orang yang mem-bully kemudian ada yang membela.

Foto-Foto Penumpang MRT yang Viral

Petugas berjalan di dalam kereta MRT yang menuju stasiun Lebak bulus Jakarta, Senin (25/2). 5 Maret nanti pihak Kereta MRT akan membuka pendaftaran uji coba umum. Dengan begitu, masyarakat bisa mengikuti progres pembangunan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Transportasi massal MRT memang merupakan hal yang baru di Indonesia. Bagaimana tidak, setelah berpuluh tahun sejak Indonesia merdeka, ada sebuah transportasi yang juga dipakai oleh negara-negara maju lainnya.

Tak heran kalau kehadirannya menjadi perhatian banyak orang. Tidak sedikit yang begitu antusias ingin menjajal kereta bernama Ratangga itu.

Apalagi sebelumnya di hari Sabtu (23/3/2019) PT MRT Jakarta membuka uji coba umum yang memungkinkan masyarakat naik MRT tanpa melakukan registrasi online seperti hari-hari lalu. 

Begitu banyaknya orang yang baru pertama menaiki angkutan massal ini sembari melakukan hal-hal sebenarnya tidak boleh dilakukan. 

Misalnya ada yang makan sambil duduk di peron MRT, menginjak bangku, bergelantungan di handgrip atau pegangan, hingga penumpang yang mengantre di tanda hijau, untuk masuk masuk ke dalam kereta.

Foto-foto di atas banyak dibagikan di media sosial sehingga menjadi hal yang viral. Bagaimana menurut kamu?

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah Diresmikan, Berapa Tarif MRT Jakarta?

Posted: 23 Mar 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan MRT Jakarta fase pertama dengan rute Stasiun Bundaran HI - Stasiun Lebak Bulus pada Minggu (24/3/2019). Meski telah diresmikan, ternyata tarif MRT masih didiskusikan.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan tarif MRT Jakarta akan diumumkan pekan depan. Dia menyatakan hari Senin akan ada rapat khusus untuk membahas tarif MRT Jakarta. 

"Tarif MRT pekan depan. Nanti akan ada rapat pimpinan gabungan yang membahas soal itu," ungkapnya di Jakarta, Minggu (24/3/2019).

Peresmian MRT Jakarta hari ini memang bukan dalam rangka operasi komersial, karena pemerintah masih menggratiskan MRT hingga 1 April mendatang. Dalam tahap tersebut, nantinya akan dilakukan evaluasi mulai dari keamanan kereta hingga tata tertib penumpang.

Sementara, tarif MRT yang diusulkan berkisar antara Rp 8.500 hingga Rp 10 ribu. Nantinya, kata Anies, harga akan ditentukan per stasiun.

"Jadi nanti dari stasiun Lebak Bulus ke Bundaran HI berapa, dari Stasiun Lebak Bulus ke Blok M berapa. Harganya antar stasiun," ungkapnya.

 

Menhub Imbau Warga Tertib Gunakan MRT Jakarta

Presiden Joko Widodo (tengah) memberi sambutan peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat agar dapat tertib ketika menggunakan moda raya terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT). Sebab, dari hasil uji coba yang dilakukan MRT Jakarta ditemukan beberapa perilaku masyarakat yang dianggap dapat merugikan.
 
"Jadi memang ini kami melihat ada masyarakat yang kurang tertib lah ya, makan di stasiun, gelantungan itu viral ya," kata Menhub Budi saat ditemui di Jakarta, Minggu (24/3/2019).
 

 
Menhub Budi mengatakan, fungsi dari MRT Jakarta merupakan untuk mengubah masyarakat agar memiliki kebiasaan baru dalam bertransportasi. Sehingga perilaku-perilaku yang dapat merugikan tersebut tidak perlu dilakukan.
 
"Saya mengharapkan agar kita memang ini ada satu culture baru dan kita memang harus menyesuaikan, bahkan kalau secara etik selain tidak makan dan minum di harapkan di dalam MRT itu kita diam, kita tidak terlalu berbicara bahkan handphone pun dibatasi," kata dia.
 
Untuk itu, Menhub Budi menginginkan agar pihak MRT juga berperan aktif untuk melakukan pengawasan terhadap pola perilaku masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat memberikan efek jera terhadap masyarakat.
 
"Tapi kita juga minta kepada MRT untuk mempersiapkan tim yang bisa menegur dengan tegas bagi mereka mereka yag melanggar. Ya tegas tapi cenderung persusif lah ini kan suatu lifestyle baru. Kalo kita di Singapura kan juga jadi tertib, masa di negara sendiri tidak tertib," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, MRT Jakarta membuka uji coba publik sejak 12-23 Maret 2019. Lintasan sepanjang 16 kilometer itu melawati sebanyak 13 stasiun. Tujuh di antaranya adalah stasiun layang yang berada di Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja.Sedangkan stasiun bawah tanah berada di Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia.
 
Reporter: Dwi Aditya Putra
Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Curry Diistirahatkan, Warriors Dihajar Mavericks

Posted: 23 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Golden State Warriors babak belur ketika menjamu Dallas Mavericks pada lanjutan NBA, Minggu (24/3/2019) pagi WIB. Turun tanpa Stephen Curry, Warriors dibantai 91-126.

Pada laga di ORACLE Arena itu, Warriors memilih menyimpan Curry. Warriors memang sudah pasti lolos playoff NBA. Mereka tinggal bersaing menjadi unggulan pertama di playoff NBA dengan Denver Nuggets. 

Tanpa Curry, Warriors tampil buruk. Di kuarter pertama saja, Warriors cuma memasukkan 22 poin. Mavericks sukses melesakkan 37 poin di kuarter pertama.

Kondisi serupa terjadi di kuarter dua. Dimotori eks pemain Real Madrid Luka Doncic, Mavericks lagi-lagi membuat 37 poin dan meredam Warriors hanya mencetak 24 angka.

Warriors tak juga bangkit di kuarter tiga. Margin keunggulan Mavericks malah makin melebar setelah merebut kuarter tiga 34-24. Karena skor sudah sangat jauh, kedua tim menyimpan pemain utama di kuarter empat.

Kekalahan Warriors kali ini tak lepas dari buruknya akurasi tembakan tiga angka. Pasukan Steve Kerr cuma memasukkan empat dari 30 percobaan.

 

Durant vs Doncic

Kevin Durant bahkan tak berhasil membuat tembakan tiga angka. Delapan usahanya selalu meleset. Durant finis dengan 25 poin. Klay Thompson hanya membuat delapan poin tanpa tembakan tiga angka.

Doncic jadi bintang kemenangan Mavericks dengan membuat triple double, 23 poin, 11 rebound dan 10 assists. Dirk Nowitzki menyumbang 21 poin yang merupakan perolehan terbaiknya di NBA musim ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guncangan Gempa Poso Hamburkan Jemaat Gereja Saat Ibadah Minggu Pagi

Posted: 23 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Poso - Gempadengan magnitudo 5,7 mengguncang kabupaten Poso, pada Minggu (24/3/2019), pukul 09.32 Wita. Guncangan gempa cukup mengganggu jalannya ibadah di gereja-gereja.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofosika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di 53 kilomoter barat daya Kota Poso pada kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada di 1,84 derajat Lintang Selatan dan 120,54 derajat Barat Timur dam  tidak berpotensi tsunami.

Warga desa Kuku, kecamatan Pamona Utara, kabupaten Poso, Feri Timparosa melaporkan saat gempa terjadi, pada umumnya gereja-gereja di kabupaten Poso sedang melaksanakan ibadah Minggu pagi.

"Para jemaat langsung panik dan berhamburan ke luar gedung gereja dengan teriak-teriak ketakutan," ujar Feri dan menambahkan, ibadah Minggu pagi akhirnya dilanjutkan di halaman gereja masing-masing.

Menurut Feri, meskipun kabupaten Poso tidak terdampak gempa bumi di kota Palu, kabupaten Sigi, Donggala dan parigi Moutong pada 28 September 2018, namun warga di daerah ini ikut trauma dengan dampak gempa yang diikuti tsunami dan likuefaksi tersebut.

"Guncangan gempa di Poso memang terasa cukup kuat, bahkan banyak benda dalam rumah warga sempat berjatuhan ke lantai," ujarnya.

 

Terasa Sampai Palu

Gempa juga terasa sampai di kota Palu. meski berjarak sekitat 120 kilometer dari pusat gempa.

"Ia, gempanya terasa sampai di sini (Palu)," ujar Gita, seorang warga Palu.

"Kipasku sampai jatuh gara-gara gempa," ujap Lilis Wahyuni, warga Kota Palu lainnya, seperti dilansir Antara.

Di Gereja Sidang Jemaat Allah, Jl. Tanjung Manimbaya Palu, ratusan jemaat sedang mendengarkan khotbah dari Pendeta Rafles Loke, STh, namun semua jemaat tetap duduk di tempatnya masing-masing, meski satu-dua orang terlihat panik dan ingin keluar gedung gereja.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Foto Masa Kini Idola Cilik Season 1 yang Bikin Pangling Netizen

Posted: 23 Mar 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingatkah kamu dengan acara ajang pencarian bakat 'idola Cilik'? Ajang pencarian bakat ini sangat dinantikan oleh para penonton masyarakat Indonesia terutama anak-anak

Idola Cilik yang ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta ini sukses memberikan tayangan yang menghibur serta menjadi tontonan yang banyak digemari.

Pertama kali di tayangkan pada tahun 2008, Idola Cilik yang dipandu oleh Okky Lukman total memiliki 5 musim. Tak heran jika banyak anak-anak jebolan daari ajang kontes ini cukup banyak dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Mengingat Idola Cilik Season I ditayangkan pada tahun 2008, tentu kini mantan kontestan yang pernah ikut ajang pencarian bakat Idola Cilik I sekarang telah beranjak dewasa.

Bagi kamu yang pernah menonton dan mengikuti Idola Cilik Season I pasti penasaran bagaimana penampilan beberapa mantan kontestannya.

Dilansir Liputan6.com, Minggu (24/3/2019) sebuah akun di media sosial Twitter dengan nama @fannyslma, memposting beberapa foto perbandingan mantan kontestan dari Idola Cilik Season I pada tanggal 20 Maret lalu. Penasaran kan bagaimana perbedaannya?

Kamu dulu mengidolakan Kiki dan Gabriel?

1. Kiki

Bagi kamu yang mengikuti acara Idola Cilik I kenal dengan kontestan satu ini. Kiki, si juara Idola Cilik Season I yang menggemaskan kini sudah beranjak dewasa dan makin tampan.

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

2. Gabriel

Saat menjadi finalis Idola Cilik, Gabriel memiliki banyak penggemar dan menjadikan ia sebagai finalis favorit. Sekarang Gabriel sudah selesai menempuh pendidikannya selama 3,5 tahun di FHUI. 

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

Bagaimana perbedaan Shilla dan Irva ya?

3. Shilla

Kontestan cantik ini juga memiliki banyak penggemar. Shilla sampai sekarang masih berkarir menjadi penyanyi dan sering tampil di layar kaca televisi.

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

4. Irva

Melanjutkan pendidikannya, Irva adalah lulusan dari jurusan fashion design. Tak heran kalau gayanya kini chic dan bikin gemas.

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

Kalau yang ini Osa, Zahra dan Dayat

5. Osa

Osa yang dulu terlihat imut dengan senyumnya, kini mantan Idola Cilik ini sudah tampil dewasa dengan hijab. Osa adalah mahasiswi dari Universitas Brawijaya.

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

6. Zahra

Sampai sekarang Zahra masih aktif menekuni dunia nyanyi dan bahkan ia pernah berpartisipasi dalam film pendek. Zahra adalah mahasiswi Universitas Indonesia yang kini makin cantik.

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

7. Dayat

Dayat yang masuk dalam 5 besar ini kini sudah beranjak dewasa dan makin tampan. Dayat sekarang hits menjadi anak band bernama STANZA.

Idola Cilik (Sumber: Twitter/@fannyslma)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesin Rusak Saat Berlayar di Tengah Laut, Kapal Pesiar Norwegia Dievakuasi

Posted: 23 Mar 2019 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Oslo - Sekitar 1.300 orang dievakuasi dari kapal pesiar yang tengah berlayar di lepas pantai barat Norwegia, kata pihak berwenang setempat.

Polisi di wilayah More og Romsdal mengatakan, kapal itu mengalami kendala pada mesinnya dan semua yang berada di atas kapal telah dibawa ke daratan, demikian sebagaimana dikutip dari BBC, Minggu (24/3/2019).

Sebelumnya, badan penyelamat laut Norwegia menyampaikan bahwa pihaknya menerima laporan dari kapal bernama MV Viking Sky, yang mengirimkan sinyal marabahaya di tengah gelombang tinggi dan angin kencang, sekitar pukul 14.00 waktu setempat.

Lima helikopter dan beberapa kapal penyelamat kemudian diterjunkan untuk melacak dan membantu evakuasi, kata badan itu.

Menurut laporan, kapal berhasil menghidupkan kembali satu mesinnya dan bergerak sedikit lebih jauh dari pantai ketika evakuasi berlanjut.

"Kami sedang makan siang ketika kapal mulai bergetar," John Curry, yang dievakuasi dengan helikopter, mengatakan kepada stasiun televisi dan radio Norwegia Norsk Rikskringkasting atau NRK. "Kaca jendela pecah dan air masuk. Benar-benar kacau."

Penumpang lain bernama Janet Jacob, menceritakan kepada NRK bahwa dia tidak pernah melihat 'sesuatu' yang begitu menakutkan.

"Saya mulai berdoa. Saya berharap keselamatan untuk semua orang di kapal," kenangnya.

Pada jam 22.40 waktu Norwegia, polisi menyebut bahwa 155 orang telah diselamatkan dari musibah itu. Delapan orang menderita luka-luka dan tiga di antaranya dianggap dalam kondisi serius, lapor NRK.

Menurut NRK, sebagian besar penumpangnya adalah orang Inggris dan Amerika. Mereka yang dibawa ke daratan ditempatkan di kompleks olahraga sekitar.

Seorang sukarelawan menuturkan, akomodasi sementara telah disediakan untuk para penumpang kapal, yakni hotel-hotel lokal.

Sementara itu, nelayan Jan Erik Fiskerstrand yang kapalnya menjadi salah satu kapal yang pertama datang untuk membantu MV Viking Sky, mengatakan kepada surat kabar Aftenposten, "Kapal bisa menabrak batu jika mereka tidak menghidupkan mesin dan mengikat jangkar."

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Dilanda Cuaca Buruk

Ilustrasi kapal (iStock)

Norwegian Meteorological Institute mengumumkan, gelombang setinggi lebih dari 10 meter sedang mendera wilayah pantai di Norwegia. Kondisi cuaca buruk seperti ini tidak aman, dan seluruh pelayaran disarankan untuk tidak menuju tengah laut karena berbahaya.

MV Viking Sky adalah kapal Viking Ocean Cruises yang melakukan pelayaran perdananya pada tahun 2017. Situs web MarineTraffic menunjukkan, kapal itu sedang dalam perjalanan ke Stavanger dari Tromso, dan hanyut dari kota Farstad dekat Molde di pantai barat negara itu.

Daerah ini dikenal sebagai Hustadvika dan dilaporkan sebagai salah satu bentangan paling berbahaya di pantai Norwegia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bersama Anies, Jokowi Resmikan Pengoperasian MRT

Posted: 23 Mar 2019 09:03 PM PDT

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) saat peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) saat peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 sekaligus pencanangan pembangunan MRT fase 2. di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 sekaligus pencanangan pembangunan MRT fase 2. di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 sekaligus pencanangan pembangunan MRT fase 2. di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 sekaligus pencanangan pembangunan MRT fase 2. di kawasan Bundaran HI, Minggu (24/3). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) memberi sambutan peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) memberi sambutan peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) memberi sambutan peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) memberi sambutan peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) berswafoto usai peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Presiden Joko Widodo (tengah) berswafoto usai peresmian pengoperasian Moda Raya Terpadu Jakarta fase 1 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (24/3). Acara ini sekaligus pencanangan pembangunan Moda Raya Terpadu Jakarta fase 2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Kawanan Gajah Bersenang-senang, Warga Aceh Resah Tak Bisa ke Sawah

Posted: 23 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Dua kelompok kawanan gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) dilaporkan mendekati perkebunan warga di wilayah hutan Desa Buntha, Kecamatan Krueng Sabee, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Sekretaris Desa Buntha, Safrian Yunus (41) mengatakan, warga terpaksa harus berjaga - jaga di kawasan lahan pertanian dan kebun sebagai upaya mencegah masuknya satwa gajah liar merusak tanaman petani.

"Masyarakat kami memang harus selalu berjaga - jaga di lahan mereka masing - masing, karena kalau satu malam atau dua malam saja tidak dijaga, habis semua tanaman dirusak dan dimakan kawanan gajah," katanya, Sabtu 23 Maret 2019.

Ia berkata bahwa masyarakat di kawasan setempat sudah resah sejak mengetahui ada hewan berbelalai panjang itu mendekati lahan pertanian, bahkan sengaja memperlihatkan diri kepada warga dengan berdiri di pematangan sawah.

Kedatangan kawanan gajah tersebut diketahui saat sudah dimulainya masa penanaman padi di kawasan pedalaman tersebut, gajah - gajah itu seakan mengisyaratkan bahwa dia akan memakan tanaman padi warga setempat.

"Saat ini kami sedang musim tanaman padi, bahkan kalau ada kegiatan di desa pada malam hari kami tidak bisa datang karena kawanan gajah memang bermain sangat dekat dengan area lahan sawah," imbuhnya dilansir Antara.

Ia melihat, kawanan gajah tersebut bermain ke kawasan itu dengan dua kelompok, bisa kemungkinan berjumlah 40 ekor, beruntung ada sungai yang membatasi jarak lahan warga dengan hutan gunung desa setempat.

"Gajah ada dua kelompok, kalau di seberang sungai ada sekitar 40 ekor dan dekat pemukiman sekitar 25 ekor, tadi malam (Jumat) bahkan masih ada gajah - gajah di dekat pemukiman," tuturnya.

Safrian menyampaikan bahwa pihaknya pernah berkonsultasi dengan Polisi Hutan (Polhut) Aceh Jaya, untuk meminta bantuan menghalau gajah ke tempat lain, namun belum dapat dilakukan karena terkendala dana operasional.

Keberadaan satwa tersebut sudah berlangsung lama, bahkan pada 2018 pihak desa telah melakukan konsultasi dengan pihak terkait di daerah setempat, namun tetap saja belum dapat dilakukan karena berbagai kendala.

"Kami konsultasi tahun 2018 lalu, pada awal tahun mereka tidak bisa membantu karena tidak ada anggaran kalau harus ke lapangan, bahkan marcon pun tidak banyak lagi tersedia. Tidak sama seperti tahun sebelumnya," katanya menjelaskan.

Masyarakat bersama pihak pemerintah desa setempat, sangat berharap instansi terkait baik dari kabupaten maupun dari Provinsi Aceh untuk dapat membantu menghalau kawanan gajah tersebut agar tidak terjadi konflik dengan manusia.

"Kami minta tolong diantisipasi gajah - gajah tersebut agar warga bisa tenang. Kalau bisa di halau ke daerah hutan lain tempat habitatnya sehingga tidak turun ke permukiman warga," demikian Safrian Yunus.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Foto Gadis Menguap Lebar Dibuat Jadi Meme Kocak

Posted: 23 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Publik, khususnya para pengguna jejaring sosial kini tengah diramaikan dengan beredarnya sebuah foto seorang wanita tengah menguap di tengah keramaian. Menguap memang lumrah terjadi pada setiap individu, bisa saja karena mengantuk.

Namun, foto wanita menguap yang beredar tersebut malah dijadikan objek meme oleh warganet. Banyak warganet. Kala itu, gadis yang mengenakan busana serba putih ini sedang duduk di tengah keramaian.

Warganet mengisengi foto gadis yang menguap lebar, sehingga menjadi meme kocak terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni sederet makanan yang sering dikonsumsi ternyata beracun.

Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai reaksi netizen meihat tatapan Chelsea Islan ke Jokowi.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Foto Saat Menguap Beredar, Warganet Isengi Jadi Meme Kocak

Ulah Kocak Warganet Isengi Foto Gadis yang Menguap

Kalau kebanyakan orang akan menutup mulutnya dengan tangan, gadis yang tak diketahui namanya itu justru membiarkan mulutnya terbuka lebar. Tak ayal, ekspresinya kemudian menjadi bahan editan warganet.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. 7 Makanan yang Sering Dikonsumsi Ini Ternyata Beracun, Jangan Disepelekan

(Copyright shutterstock.com)

Hidup sehat artinya mengonsumsi makanan yang bergizi. Namun bagaimana kamu tahu sepenuhnya makanan tersebut sehat atau tidak? Pasalnya, ada beberapa makanan yang terlihat sehat, namun malah ada racun alami.

Selengkapnya...

 

3. 6 Reaksi Netizen Lihat Tatapan Chelsea Islan ke Jokowi, Bikin Gagal Fokus

Respon netizen (Sumber: Twitter/ikramarki)

Bukan hal yang baru lagi jika Presiden Joko Widodo atau yang sering disapa Jokowi kerap mengundang sejumlah tokoh ke Istana Negara. Pasti kamu masih bisa mengingat saat Jokowi mengundang sejumlah penyanyi ke Istana saat memperingati Hari Musik Nasional.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produsen Ban Tak Mau Disalahkan Rossi soal Hasil Balapan di MotoGP Qatar

Posted: 23 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Losail - Produsen ban MotoGP, Michelin enggan disalahkan rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi atas masalahnya di Sirkuit Losail, Qatar, beberapa waktu lalu.

Saat seri pertama MotoGP 2019 di Qatar, Rossi mencatatkan waktu terbaik di sesi latihan pertama. Namun, pembalap asal Italia itu terpuruk di sesi kedua dan membuatnya balapan dari posisi ke-14.

Untungnya, saat balapan, Rossi berhasil mendulang poin. Dia finis di posisi kelima. Rossi sendiri merasa bingung dengan masalah yang dialaminya, meski dia menggunakan ban depan yang sama.

Manajer of the Two-Wheel Michelin Motorsport, Piero Taramasso mengatakan, Rossi bisa terpuruk karena settingan motor yang salah, bukan masalah ban depan.

"Tampaknya itu terkait dengan set-up motor. Rossi mengerem sangat keras, terlambat, tidak seperti Marc Marquez. Rossi cukup agresif dan dia membutuhkan keseimbangan yang sangat, sangat baik untuk mengimbangi ban depannya," kata Taramasso, dikutip dari Motor Sport.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Rossi tidak menyesuaikan ban dengan faktor lainnya di Sirkuit Losail. Hal tersebut, menurut Taramasso menjadi penyebab utama Rossi sempat terpuruk saat sesi latihan bebas kedua MotoGP Qatar.

"Di Losail, Rossi memiliki masalah. Dengan pasir di lintasan, kelembaban, suhu rendah, setiap pembalap memiliki masalah untuk membuat ban depan bekerja, dan jika penyesuaian Anda tidak sempurna, Anda menciptakan graining dan ban Anda cepat aus," ucapnya.

 

 

Bukan Hanya Rossi

Valentino Rossi belum ingin pensiun dari MotoGP (GIUSEPPE CACACE / AFP)

Tak hanya Rossi, Taramasso juga mendapat keluhan yang sama dari pembalap MotoGP lainnya. Namun dia menegaskan, masalah itu bukan diakibatkan oleh Michelin.

"Rossi bukan satu-satunya, pembalap lain juga mengalami masalah sama. Jika Anda turun ke trek, Anda akan melihat bahwa kadang-kadang ada graining pada ban."

"Perlu untuk melakukan lebih banyak putaran dan biasanya dapat dibersihkan. Dalam beberapa kasus, jika set-up tidak benar, maka tidak pernah bisa dibersihkan," ujarnya Taramasso.

 

 

Klasemen MotoGP

1. Andrea Dovizioso (Ducati) 25 poin

2. Marc Marquez (Repsol Honda) 20 poin

3. Cal Crutchlow (LCR Honda) 16 poin

4. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 13 poin

5. Valentino Rossi (Monster Yamaha) 11 poin

6. Danilo Petrucci (Ducati) 10 poin

7. Maverick Viñales (Monster Yamaha) 9 poin

8. Joan Mir (Suzuki Ecstar) 8 poin

9. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 7 poin

10. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 6 poin

11. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) 5 poin

12. Pol Espargaro (Red Bull KTM) 4 poin

13. Jorge Lorenzo (Repsol Honda) 3 poin

14. Andrea Iannone (Aprilia Gresini) 2 poin

15. Johann Zarco (Red Bull KTM) 1 poin

16. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) 0 poin

17. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) 0 poin

18. Karel Abraham Reale (Avintia) 0 poin

19. Tito Rabat (Reale Avintia) 0 poin

20. Hafizh Syahrin (Red Bull KTM) 0 poin

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian ESDM Bakal Buat Kapal Riset, Untuk Apa?

Posted: 23 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Kementerian ESDM, Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral kembali mengusulkan pengadaan kapal survei baru, Kapal Riset Geomarin V.

Kapal ini untuk meningkatkan kegiatan survei minyak dan gas bumi (migas) serta mineral dan batu bara (minerba) bawah laut.

Kepala Badan Litbang ESDM, Dadan Kusdiana menuturkan, kapal generasi baru tersebut, akan dioperasikan di laut dangkal maupun dalam untuk survei laut, survei infrastruktur minyak dan gas bumi, jalur kabel, jalur pipa bawah laut survei potensi mineral kelautan (seperti timah, pasir laut) serta studi lingkungan lepas pantai.

"Kapal Riset Geomarin V yang diusulkan merupakan kapal multipurpose, lebih kecil dibandingkan Geomarin III," kata Dadan, dikutip Dari situs resmi Kementerian ESDM, Sabtu (23/3/2019).

Rancangan kapal berukuran panjang 40 meter dan lebar 10 meter ini diusulkan dapat dibangun selama dua tahun pada tahun anggaran 2020 sampai 2021. Biaya pembangunan kapal ini diperkirakan mencapai Rp 150 miliar untuk pembuatan kapal dan pengadaan peralatan survei.

Pembangunan tahun pertama dianggarkan Rp 100 miliar dan tahun kedua Rp 50 miliar.Dadan menuturkan, jika Kapal Riset Geomarin V sudah dapat beroperasi pada  2022, akan mampu meningkatkan pelayanan jasa BLU P3GL secara signifikan.

Dia proyeksikan potensi bisnis dari kegiatan site survei para mitra strategis, dengan menggunakan kapal baru ini dapat mencapai Rp 180 miliar pada 2022 hingga 2026, sehingga mampu menutup biaya investasi pengadaan kapal sebesar Rp 150 miliar.

 

Pengadaan Kapal

Rencana pengadaan Kapal Riset Geomarin V dilatarbelakangi oleh sejumlah kendala dan potensi kehilangan pasar (potential lost market) yang dihadapi BLU P3GL saat memberikan pelayanan jasa kepada para mitra selama 2018.

Dari hasil penjajakan dengan sejumlah mitra dan perusahaan, sebagian besar mitra membutuhkan kapal yang tidak terlalu besar untuk site survei, tapi dengan peralatan survei yang lebih spesifik.

Saat ini BLU P3GL tengah merancang spesifkasi kapal secara detil agar sesuai dengan kebutuhan, bersama dengan sejumlah ahli dan penasihat BLU P3GL. 

Dadan pun menyampaikan capaian kinerja BLU P3GL sampai Maret 2019, antara lain telah menyelesaikan kontrak dengan mitra kerja senilai Rp 1,5 miliar. Proyek yang siap jalan sebesar Rp 7,1 miliar dan potensi kontrak lainnya sejumlah Rp 42,5 miliar. 

BLU P3GL mendukung mitra untuk lelang survei Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dengan Kapal Riset Geomarin III untuk pekerjaan seabed clearance dan infrastruktur migas, potensi pekerjaan lima lokasi survei, yaitu PHE ONWJ, Chevron Deepwater, PHE Matindok (Geokimia), Inpex Masela dan Medco Natuna.

"Potensi pekerjaan lainnya adalah survei potensi Timah, studi kelayakan pasir laut, survei laut dalam Obi Musim Timur, survei back-scatter untuk eksporasi migas, dan pembangunan sistem IT aset manajemen pelabuhan. Pendapatan lainnya diperoleh dari pelayanan jasa sewa alat survei," tandasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayah Cut Meyriska Restui Putrinya Menikah dengan Roger Danuarta

Posted: 23 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayah Cut Meyriska, Suryadi, sempat menentang hubungan putrinya dengan Roger Danuarta. Kini, sang ayah mulai memberikan lampu hijau kepada putrinya dan Roger.

"Belum tahu ke depannya, yang jelas saya selalu berdoa dan mengharapkan yang terbaik," kata ayah Cut Meyriska itu, dikutip dari tayangan Hot Issue Pagi, Sabtu (23/3/2019).

Namun, Suryadi mengaku belum mengetahui apakah pernikahan Cut Meyriska dan Roger Danuarta benar-benar akan dihelat tahun ini seperti kabar yang sempat beredar.

"Ke depannya gimana, kita belum pernah bahas, kita jalani dulu yang ada," katanya.

Bahagia Dunia Akhirat

Saat ditemui di kawasan Tendean belum lama ini, Roger juga menjawab kedekatannya dengan artis Cut Meyriska. Menurut kabar, kedekatannya tersebut saat syuting bersama dalam satu sinetron. (Nurwahyunan/Bintang.com)

Untuk saat ini, yang pasti Suryadi sudah mendukung penuh hubungan putrinya dengan pria mualaf tersebut.

"Pasti kita support, semoga lebih baik dan ada kebahagiaan dunia dan akhirat, itu yang kami harapkan," imbuh Suryadi.

(Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gaya Foto Ussy Pakai Barang Branded Di Gang Sempit

Posted: 23 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gaya foto Ussy mencuri perhatian publik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Penipuan Malvertasing Ancam 1 Juta Perangkat Mac

Posted: 23 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah perusahaan keamanan siber, Confiant, dikabarkan menemukan serangan malvertising (iklan jahat) yang menargetkan para pengguna macOS.

Diketahui, aksi tersebut sudah muncul setidaknya sejak pertengahan Januari 2019, dengan setidaknya 1 juta perangkat macOS terancam keamanannya.

Dalam aksinya, iklan jahat tersebut memikat pengguna untuk meng-update Adobe Flash Player, sebagaimana dilansir blog Confiant via Tom's Guide, Minggu (24/3/2019).

Nyatanya, update yang bernama Shlayer itu hanyalah file downloader buatan hacker untuk membuka "pintu akses" di macOS sehingga rentan terhadap serangan malware.

Untuk menghindari filter malware milik vendor antivirus, Shlayer, menyamarkan dirinya sebagai iklan dan muncul di browser secara normal.

Beberapa waktu kemudian, program itu akan menarik konten berbahaya dari Firebase, penyimpanan data online milik Google yang dirancang untuk pembuat aplikasi seluler.

 

Belum Terdeteksi oleh Antivirus macOS

macOS High Sierra sudah bisa diretas. (Doc: Digital Trends)

Di dalam laporan yang sama, perusahaan juga mengungkap masih belum banyak merek antivirus di macOS yang mampu mengenali singniture malware Shlayer.

Jutaan perangkat macOS yang terpapar belum tentu terinfeksi oleh malware.

Agar aktif, pengguna harus mengklik iklan berbahaya tersebut dari browser, dan kembali klik lagi untuk mengotorisasi update Flash Player sehingga malware menginfeksi.

Sebagai informasi, malvertising adalah proses penipuan dengan cara menyuntikkan dan menyebarkan malware lewat jaringan iklan online resmi yang tampil pada situs-situs ternama.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2014 Kalah, Tim Kampanye Akan Menangkan Jokowi di Tangerang

Posted: 23 Mar 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Banten - Ketua Tim Kampanye Daerah Jokowi-Ma'ruf Amin Kota Tangerang Bambang Suwondo meminta agar masyarakat memenangkan pasangan nomor urut 01. Hal itu disampaikan saat kampanye akbar pertama PDIP di Alun-alun Kota Tangerang di depan ribuan kader dan masyarakat yang hadir.

"Hari ini kita kampanye pertama di Kota Tangerang. Jangan lupa Bapak Joko Widodo dan Ma'ruf Amin yang orang asli Tangerang," kata Bambang di lokasi, Minggu (24/3/2019).

Dia pun mengingatkan bahwa Pilpres 2014 di tempat ini Jokowi mengalami kekalahan. Karena itu dia meminta agar tahun ini tidak terulang.

"Tahun 2014 kita kalah. Hari ini, tahun ini, kita bisa menangkan Jokowi-Ma'ruf di kota Tangerang," ucap Bambang.

Karenanya, dia menegaskan, jangan lupa 17 April 2019 untuk memilih pasangan 01. "Jangan lupa tanggal 17 april coblos nomor 1, PDIP nomor 3," jelas Bambang.

 

Gotong Royong

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, menunjukkan bahwa kampanye terbuka ini penuh rasa gotong royong dari seluruh kader. Sebuah dapur umur terletak di pojokan lapangan alun-alun, di belakang sebuah mesjid. Puluhan kader Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) PDIP sibuk bekerja menyiapkan bahan dan memasak makanan itu.

Tempat itupun langsung dituju oleh Hasto ketika pertama kali tiba di lapangan tersebut. Hasto ditemani Ketua DPP PDIP bidang pemenangan pemilu Bambang DH.

Para petugas memasak nasi, sayur kacang panjang, dan berbagai olahan telur. Dari telur rebus balado, telur ceplok, hingga telur dadar gulung. Aroma telur yang khas menyeruak di sekitar dapur umum tersebut.

"Ini semua resep yang dimasak di dapur umum dicek semuanya oleh Ibu Megawati," kata Hasto.

Hasto lalu mencicipi makanan yang disiapkan. Tak sekedar makan, rupanya diapun ingin menggoreng-goreng. Maka sendok goreng sayur dia minta dan mulai mengaduk-aduk sayur kacang panjang dan ebi.

"Bumbunya bawang putih, bawang merah, dan ebi. Bumbu nusantara. Semua makanan ini disiapkan untuk yang datang ke acara ini. 15 ribu disiapkan," tambah Hasto.

Selain mengunjungi dapur umum, Hasto juga sempat menyapa pedagang kerak telor, lalu mendatangi booth redmi yang menjual aksesoris resmi PDI Perjuangan.

Hasto juga menyempatkan diri untuk menonton pertunjukan reog ponorogo dan barongsai. Bahkan saat reog, Hasto naik ke kepala salah satu penari sambil mengibarkan bendera merah putih dan bendera merah PDI Perjuangan.

"Salam 01 dan 3 metal, menang total," teriak Hasto saat berada di atas kepala reog tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala AFC U-23: Pelatih Vietnam Puji Timnas Indonesia U-23

Posted: 23 Mar 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Hanoi - Pelatih Timnas Vietnam U23 Pak Hang-seo tidak ingin pemainnya terlena dengan kemenangan besar 6-0 atas Brunei Darussalam pada laga pertama kualifikasi Grup K Piala AFC U-23 2020, Jumat (22/3/2019). Mereka diminta fokus untuk menghadapi laga lanjutan melawan Timnas Indonesia U-23 pada Minggu (24/3/2018).

Vietnam yang berstatus sebagai tuan rumah babak Kualifikasi Grup K Piala AFC U-23 2020 tersebut memang tampil gemilang di partai perdana. Kemenangan tersebut membuka jalan bagi Timnas Vietnam U-23 untuk menuju turnamen tersebut pada Januari 2020 di Thailand.

Park Hang-seo bahkan mengaku tidak  memikirkan big match menghadapi Thailand. Sebab, The Golden Stars harus terlebih dahulu meladeni Timnas Indonesia U-23 pada laga kedua yang kini bertaruh nasib usai digebuk Tim Negeri Gajah Putih 0-4.

"Saya belum memikirkan laga melawan Thailand. Untuk saat ini saya hanya ingin menyiapkan semua pemain untuk melawan Timnas Indonesia U-23 di partai kedua. Setelah itu, baru kami bersiap menghadapi Thailand," ujar Park Hang-seo, dinukil dari VN Express, Sabtu (23/3/2019).

 

Teknik Individu

Pelatih Timnas Vietnam U-23 Park Hang-seo. (Bola.com/Dok. VFF)

Para pemain Timnas Indonesia U-23 punya teknik individu yang sangat bagus dan rajin melakukan umpan daerah. Indonesia banyak berubah setelah Piala AFF U-22," imbuh pria berkebangsaan Korea Selatan tersebut.

Egy Maulana Vikri cs. harus mampu memenangkan laga tersebut demi membuka peluang lolos ke putaran final Piala AFC U-23 2020. Hasil selain tiga poin akan membuat jalan mereka semakin terjal mengingat Thailand hanya menghadapi tim lemah, Brunei Darussalam.

Sumber: Bola.com 

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini 4 Aplikasi Smartphone untuk Ibu Hamil, Banyak Informasi tentang Kesehatan

Posted: 23 Mar 2019 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di masa lalu, untuk mengetahui informasi-infromasi tentang bagaimana merawat bayi di dalam kandungan, maupun bagaimana menjaga kesehatan ibu hamil sangat sulit didapat. Ibu hamil memerlukan untuk berkonsultasi ke dokter untuk memeriksa secara langsung. 

Apa saja makanan yang boleh dan makanan apa saja yang tidak boleh dimakan, kegiatan apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan si ibu hamil maupun anak dalam kandungannya. Bahkan hal-hal seperti berat badan ibu hamil yang setiap harinya bertambah, harus diatanyakn terlebih dahulu ke dokter.

Sekarang ini, dengan majunya teknologi, semua hal yang merepotkan tersebut tidak perlu dilakukan lagi. Hanya dengan membuka smartphone, kita dapat mebuka semua hal-hal yang berkaitan dengan apa saja yang harus dilakukan oleh ibu hamil.

Berbagai aplikasi smartphone diciptakan untuk memudahkan ibu hamil dalam menjaga kesehatan si bayi dalam kandungannya. Apa saja aplikasi itu, Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/3/2019).

1. Teman Bumil

Aplikasi Teman Bumil ini sangat cocok dipakai oleh para ibu hamil di Indonesia, karena konten-konten di dalamnya menyesuaikan dengan kondisi dan budaya di Indonesia.

Fitur-fiturnya sebagai berikut:

- Checklist

Di aplikasi Teman Bumil ini, ibu hamil akan diberikan list apa saja yang harus dikerjakan atau dilakukan selama hamil

- Agenda

Beberapa ibu hamil mengeluh karena menjadi pelupa selama hamil, yang biasa kita sebut sebagai pregnancy brain. Disini Teman Bumil akan menjadi asisten pribadi ibu hamil yang akan mengirimkan pengingat-pengingat bagi ibu hamil.

- Janin 360

Fitur ini akan memberitahukan kepada kita bagaimana perkembangan janin dalam kandungan.

- Record Mum & Janin

Setiap kali konsultasi ke dokter, masukkan data berat dan panjang janin, serta detak jantungnya, sehingga kita dapat melihat grafik perkembangan janin. Selain itu, kita juga dapat memantau kesehatan ibu hamil tiap bulannya, dengan memasukkan tekanan darah dan kenaikan berat badan ibu hamil tersebut.

- Album

Untuk mengabadikan momen mengandung si ibu hamil, simpan foto dan kenangan (termasuk foto USG) ke dalam album ini.

- Artikel

Di aplikasi ini, ibu hamil juga dapat membaca artikel-artikel yang memuat informasi tentang kehamilannya.

- Tips

Ada juga tips untuk ibu hamil yang diberikan tiap minggu.

2. Kehamilan + atau Pregnancy +

Aplikasi kehamilan + ini, atau yang dalam Bahasa Inggrisnya yaitu Pregnancy + merupakan aplikasi untuk ibu hamil yang paling lengkap. Lebih dari 20 juta orang menggunakannya, dan memiliki rating 4,6 di Playstore.

Tampilan dari aplikasi ini juga cukup menyegarkan mata. Bahkan aplikasi ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan bukan saja ibu hamil, tetapi juga untuk ayah, kakek-nenek dan anggota keluarga lainnya.

3. Ovia Pregnancy Tracker

Ovia Pregnancy Tracker ini tersedia untuk pengguna iPhone, iPad, ataupun iPod Touch. Dengan kualitas informasi-informasi dan fitur yang tersedia, aplikasi ini mendapatkan rating 4,9 di app store.

Melalui aplikasi ini, kita dapat menjaga gaya hidup sehat dengan mengatur makanan berdasarkan usia janin dan si ibu hamil.

4. Pregnancy Trackers

Pregnancy Exercises ini sesuai dengan namanya memiliki fungsi untuk memberikan saran dan petunjuk untuk melakukan olahraga olahraga ringan bagi ibu hamil. Di mana latihan latihan tersebut nantinya akan memberikan kemudahan kepada ibu hamil dalam persalinan.

Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu ibu hamil dalam kegiatan sehari-harinya. Dengan informasi-informasi yang pas utnuk ibu hamil dalam menjaga kesehatan kandungannya dan dirinya sendiri, membuat aplikasi ini perlu dimiliki oleh para ibu hamil.

Tetapi aplikasi-aplikasi ini bukan dimaksudkan untuk pengunaan medis, atau untuk menggantikan saran dokter medis yang terlatih. Jika memiliki kekhawatiran tentang kehamilan, tetap lakukan konsultasi dengan dokter atau bidan secara rutin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahith Chong Buka Peluang Tinggalkan MU

Posted: 23 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Tahith Chong merupakan pemain masa depan Manchester United (MU). Dia diboyong MU dari klub asal Belanda, Feyenoord pada 2016.

Kendati masih 19 tahun, Chong sudah mendapat kesempatan debut bersama tim senior MU. Dia melakukannya saat Setan Merah, sebutan MU, kalah 0-1 dari Juventus pada babak fase grup Liga Champions, 23 Oktober lalu.

Chong punya kecepatan yang membuatnya terlihat berbahaya di depan pertahanan lawan. Dia adalah salah satu produk berperingkat tinggi di akademi Manchester United.

Kendati demikian, pemain Timnas Belanda U-21 itu tak menutup kemungkinan meninggalkan Old Trafford pada musim depan. Namun, dia hanya ingin dipinjamkan bukan untuk dijual.

"Pertanyaan soal itu (peminjaman) cukup sulit untuk saya jawab karena saya tidak memikirkannya sekarang. Saat ini saya hanya memikirkan MU."

"Namun, tidak tertutup kemungkinan untuk hal itu karena segalanya bisa terjadi di masa depan. Saya bukan orang yang mengecualikan apa pun," kata pemain muda MU itu, kepada salah satu media Belanda, NOS.

 

 

Kenangan Manis

Striker muda Manchester United Mason Greenwood merayakan gol Marcus Rashford pada laga Liga Champions melawan Paris Saint-Germain di Parc des Princes, Kamis (7/3/2019) dini hari WIB. (AP Photo/Francois Mori)

Kendati masih minim menit bermain, Chong sudah punya kenangan manis. Ya, dia tak bisa melupakan kemenangan 3-1 MU atas PSG di leg kedua 16 besar Liga Champions, beberapa waktu lalu.

"Faktanya Ole Gunnar Solskjaer (manajer MU) membiarkan saya menyerang PSG juga menjadi bentuk kepercayaan pelatih kepada para pemain muda."

"Menyenangkan bisa memenangi pertandingan. Aku sedang pemanasan dan tiba-tiba mendengar peluit dari tim pelatih. Aku tidak bisa menggambarkannya karena benar-benar fantastis," ucap Chong.

 

Masa Depan MU

Musim ini, Chong sudah mencetak tujuh gol dari 23 penampilan di seluruh kelompok usia MU. Musim ini adalah musim penuh pertamanya setelah mengalami cedera lutut parah sepanjang Januari hingga November 2017 lalu.

Peminjaman bisa menjadi opsi yang bagus untuk kembali memulihkan kondisi fisiknya sekaligus mencari pengalaman di kompetisi tertinggi. Banyaknya stok pemain utama menjadi alasan mengapa para pemain muda ini belum mendapatkan kesempatan main yang cukup.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: