Jumat, 15 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Bikin Tutorial Pakai Alis Menggunakan Sendok, Bocah Ini Jadi Viral

Posted: 15 Mar 2019 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mengaplikasikan alis bisa menjadi hal yang sulit bagi sebagian wanita. Pasalnya dibutuhkan ketelitian untuk membuat alisnya yang bagus. Ada begitu banyak video tutorial alis yang dibuat oleh para beauty vlogger maupun pengguna Instagram biasa.

Baru-baru ini sedang viral sebuah video tutorial alis yang dilakukan oleh seorang anak perempuan. Yang membuat video ini mencuri perhatian warganet ialah caranya mengaplikasikan alis dengan unik. Bagaimana tidak, gadis bernama Nayla Qatrunnada ini membuat alis dengan menggunakan sendok.

Nayla mengaplikasikan cara memakai sendok dalam membentuk alis. Pertama dia meletakan sendok tersebut di mata kiri dan perlahan-lahan "mencetak" alisnya dengan sendok tersebut. Dia juga melakukan hal yang sama pada alis sebelah kanan.

"Kalian mau buat alis? Jangan repot-repot kita pakai sendok aja," ujarnya pada video tersebut.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Cara gampang bikin alis . Semoga Bermanfaat 🙏 @tasyafarasya @hudabeauty @rachgoddard @literally.bercanda @rolldepan

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nayla Qatrunnada (@naylaqatrunnada_) pada

Dipuji Warganet

tutorial alis pakai sendok (foto: Instagram/@naylaqatrunnada_)

Tak perlu menunggu lama, unggahan Nayla langsung menuai beragam respons warganet. Banyak warganet yang merasa salut dengan Nayla, hal itu lantaran di usianya yang masih sangat muda ia sangat mahir dalam bermakeup. Tak sedikit pula yang mendoakan Nayla dewasa nanti bisa menjadi beauty vlogger.

"Beauty vloger masa depan nih," tulis @cleo_park21.

"kreatif banget, makasih tipsnya," ujar @aprlwidya.

"Bgus kek gini brani ngmng depan kamera wkwk lanjut kan dekk smngt trs," tutup @d04zaky3668.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aplikasi Antivirus Abal-Abal Marak Beredar di Google Play Store

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi banyak pengguna perangkat elektronik, khususnya PC dan laptop pasti tahu betapa pentingnya software antivirus.

Tak hanya penting untuk PC dan laptop, banyak pengguna smartphone menginstal aplikasi antivirus agar terlindungi dari berbagai macam serangan siber.

Namun, dengan begitu banyak aplikasi antivirus di Google Play Store, wajar bila pengguna sedikit kesulitan memilih mana yang terpercaya dan aman.

Menyedihkannya, kebanyakan pengguna smartphone Android malah tertipu oleh aplikasi antivirus abal-abal.

Berdasarkan laporan yang dilakukan oleh perusahaan pengujian antivirus, AV-Comparative via ZDNet, Sabtu (16/3/2019), dua pertiga dari 250 aplikasi antivirus Android yang diuji ternyata abal-abal atau palsu.

Untuk membuktikan kemampuan antivirus tersebut, perusahaan mengujinya dengan memasukkan malware ke dalam perangkat untuk melihat apakah aplikasi dapat mendeteksi dan mengatasinya.

Dari 250 aplikasi yang diuji dengan malware tersebut, hanya 80 yang mampu mendeteksi dan mengatasinya.

 

Deteksi Malware Tidak Maksimal

(foto: phonearena.com)

Namun demikian, ke-80 aplikasi itu hanya dapat mendeteksi lebih dari 30 persen dari malware, yang berarti hal tersebut sedikit berhasil.

Perusahaan juga menemukan, beberapa aplikasi ini tidak mampu menandai malware. Alih-alih, aplikasi hanya mengandalkan informasi malware yang sudah terdaftar.

Ini berarti, beberapa malware hanya terdeteksi berbahaya jika namanya muncul di dalam daftar program berbahaya yang tersimpan di dalam aplikasi antivirus abal-abal tersebut.

Tak hanya itu, mereka juga menemukan fakta sejumlah aplikasi yang tidak berfungsi ini dibuat oleh programmer yang sama.

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Rekor Liga Inggris yang Mustahil Dipecahkan City Musim Ini

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City berpeluang mempertahankan gelar Liga Inggris musim ini. Mereka masih bertahan di puncak klasemen hingga pekan ke-30.

Total, City telah mengoleksi 74 poin. Rinciannya, City meraih 24 kemenangan, dua kali imbang, dan empat kekalahan.

Sementara di posisi kedua masih dipegang oleh Liverpool. The Reds hanya berselisih satu poin dengan City.

Menariknya, City juga masih berpeluang untuk juara di dua kompetisi lain yakni Piala FA dan Liga Champions. Mereka juga sudah mengoleksi satu gelar Piala Liga musim ini.

Sayangnya ada beberapa rekor yang tak bisa lagi dipecahkan City jika juara Liga Inggris musim ini. Apa saja rekor tersebut, berikut ulasannya seperti dilansir Manchester Evening News:

 

 

Poin Terbanyak

Pemain Manchester City Phil Foden (kiri) merayakan dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol ke gawang Rotherham United pada putaran ketiga Piala FA di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Minggu (6/1). (AP Photo/Rui Vieira)

1. Poin terbanyak

City meraih 100 poin saat menjadi juara musim lalu. Sekaligus mengalahkan rekor Chelsea pada musim 2004/05 yang mengoleksi 95 poin saat juara.

Namun musim ini rekor tersebut tak bisa dipecahkan lagi. Pasalnya dengan jumlah laga tersisa, City atau Liverpool hanya maksimal meraih 98 dan 97 poin.

2. Kemenangan beruntun terbanyak

City meraih 18 kemenangan beruntun pada musim lalu untuk menjadi juara. Namun untuk musim ini, rekor tersebut tak bisa lagi disamai.

Jika terus meraih menang, secara beruntun maka jumlahnya tak sampai 18 laga.

Jumlah Kemenangan

Para pemain Manchester City merayakan gol ke gawang Schalke pada laga Liga Champions. (AFP/Oli Scarff)

3. Kemenangan tandang terbanyak

Musim lalu City menjadi tim dengan poin terbanyak saat laga tandang yakni 50. Sementara di kandang sendiri, City meraih 16 kemenangan dan dua kali imbang hingga akhirnya juara.

Sementara musim ini City sudah tiga kali kalah dan dua kali imbang di laga tandang. Sehingga rekor musim lalu tak bisa disamai lagi.

4. Jumlah kemenangan terbanyak

City meraih 32 kemenangan dari 38 laga untuk menjadi juara musim lalu. Musim ini mereka juga bisa menyamainya jika terus menang, namun tidak bisa mengungguli rekor tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Respons Tokoh Lintas Agama Jabar Soal Penembakan di Masjid Selandia Baru

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Barat Rahfani Ahyar mengimbau agar masyarakat berhenti membagikan video penembakan di Selandia Baru. Ada alasan mengapa video itu tidak perlu disebar.

Imbauan itu sejalan dengan upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika yang melakukan proses pembersihan konten penembakan di semua platform media sosial.

"Kami mendukung imbauan pemerintah untuk tidak boleh menyebarkan foto dan video penembakan. Karena kalau disebarkan, itu memberikan amunisi pihak tertentu yang ingin membuat suasana tidak kondusif," kata Rahfani dalam jumpa pers di Mapolda Jabar, Sabtu (16/3/2019).

Penyebaran video akan membuat orang semakin takut. Serta kemungkinan ada di kalangan umat beragama yang semakin marah dan melakukan sesuatu yang tidak diinginkan.

"Kami mengimbau semua majelis agama dengan semua umatnya, kita tidak boleh melakukan tindakan sendiri karena terporovokasi lewat penyebaran video. Kami juga menyerahkan proses hukum kepada pemerintah Selandia Baru agar menangani kasus ini dengan tuntas," tutur Sekretaris Umum MUI Jawa Barat itu.

Di tempat yang sama, Ketua Umum MUI Jawa Barat Prof. KH Rahmat Syafi'i turut mengutuk keras aksi biadab penembakan di Selandia Baru. Ia mengaku prihatin atas peristiwa yang terjadi Jumat (15/3/2019) kemarin itu.

Rahmat mengajak umat Islam melaksanakan salat jenazah secara gaib yang ditujukan bagi korban penembakan di masjid di Selandia Baru.

"Mengajak umat Islam dunia dan umat Islam Indonesia khususnya untuk melakukan salat ghaib bagi para korban wafat," kata Rahmat.

Menurut Rahmat, aksi kekerasan berbentuk teror di mana dan kapan saja tidak bisa diterima oleh siapapun. Terlebih penembakan brutal. "Apapun bentuk kekerasannya jelas haram hukumnya. Maka dari itu kita tunggu penyelesaian hukum dari pemerintah setempat," ucapnya.

Tingkatkan Pengamanan di Tempat Ibadah

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto. (Huyogo Simbolon)

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto mengungkapkan, Polri dibantu TNI siap membantu pengamanan di tempat ibadah.

"Di manapun tempat ibadahnya. Pengamanan sebetulnya sudah sering kita lakukan dan sudah menjadi tugas wajib," kata Agung.

Senada dengan pendapat Ketua FKUB, Agung mengaku masyarakat jangan lagi menyebar video penembakan.

"Sekaligus mengimbau apabila menerima informasi yang belum benar terbukti kebenarannya misalnya berisi ajakan tertentu, serahkan kepada kami untuk ditindaklanjuti karena sudah menjadi tugas kamk melindungi dan memberikan rasa aman kepada masyarakat," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaga Kestabilan Harga Beras, Bulog Operasi Pasar di Seluruh Indonesia

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog terus melakukan Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (CBP) di seluruh Indonesia. Langkah ini untuk menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga pangan khususnya beras di tingkat konsumen.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Bulog Tri Wahyudi Saleh mengatakan, kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH) melalui Operasi Pasar CBP telah dilakukan serentak oleh Bulog Divisi Regional seluruh Indonesia, pada 3 Januari 2019 sesuai dengan instruksi Presiden RI sebagai antisipasi terjadinya kenaikan harga beras pada awal tahun 2019.

"Kami sadar, bahwa keberhasilan menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium di setiap daerah akan tercipta bila dilakukan secara bersama dengan dukungan seluruh pihak, terutama dari Pemerintah Daerah, Dinas terkait, Aparat terkait dan para pelaku pasar," kata Tri, di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Dari kegiatan tersebut, Bulog telah menggelontorkan 190 ribu ton beras medium, dengan rata-rata perhari mencapai 2 ribu - 3 ribu ton beras. Diharapkan target OP CBP sebesar 15 ribu ton per hari dapat dicapai saat musim paceklik yang diperkirakan harga beras akan meninggi.

Dalam pelaksanaan Kegiatan KPSH ini, Bulog melibatkan banyak pihak dengan Pemerintah Daerah melalui Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan ataupun yang membidangi di tingkat Provinsi Kabupaten Kota, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) masing-masing daerah, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan maupun pengecer di pasar tradisional, retail modern, jaringan Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK), sinergi BUMN serta melalui Distributor.

bulog juga bekerjasama dengan Satgas Pangan Polri dan Jajaran Kementerian Perdagangan RI untuk melakukan pengawasan dalam pelaksanaan KPSH beras medium ini.

 

Tugas dari Kemendag

Pekerja memanggul karung Beras milik Badan Urusan Logistik (Bulog) di Gudang Bulog kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Selasa (7/6). Bulog memiliki stok beras sebanyak 2,1 juta ton. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Kementerian Perdagangan telah menugaskan Bulog untuk melanjutkan kegiatan KPSH, berdasarkan surat Menteri Perdagangan RI 2 Januari 2019 yang ditujukan kepada Dirut Perum Bulog dengan ketentuan harga beras af gudang untuk wilayah 1 Jawa, Lampung, Sumsel, Sulawesi, NTB, Bali sebesar Rp. 8.100 per kg , wilayah 2 Sumetera kecuali Lampung dan Sumsel, Kalimantan, NTT sebesar Rp. 8.600 per kg, dan wilayah 3 Maluku dan Papua sebesar Rp. 8.900 per kg dengan harga jual maksimal sesuai HET masing-masing wilayah.

Stok beras Bulog secara nasional lebih dari 1,89 Juta ton, gudang-gudang Bulog di seluruh Indonesia siap menyalurkan stok tersebut bila sewaktu-waktu dibutuhkan pemerintah baik untuk bencana alam maupun untuk Operasi Pasar CBP guna stabilisasi harga, juga menjaga stok dalam rangka Hari Besar dan Keagamaan Nasional (HBKN) menjelang Puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2019.

"Dengan stok yang cukup besar, artinya Bulog siap menjaga 3 pilar ketahanan pangan Nasional yakni Pilar Ketersediaan, Keterjangkauan, dan Stabilisasi" tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru Cerai, Gisella Anastasia Bongkar Alasan Gampang Dekat dengan Wijin

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gisella Anastasia tengah menjalani hubungan dekat dengan mantan kekasih Agnez Mo, Wijaya Saputra alias Wijin. Keduanya bahkan sempat beberapa kali tertangkap kamera tengah jalan bersama.

Kepada awak media, Wijin pun tidak menampik bahwa sedang menjalin hubungan spesial dengan Gisella Anastasia. Kedekatan itu memang baru saja dimulai.

"Pokoknya lagi dekat (dengan Gisella Anastasia). Masalah nantinya gimana pokoknya doain aja," papar Wijin kepada wartawan di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Sejumlah orang mungkin bertanya, mengapa Gisella Anastasia begitu cepat dekat dengan pria lain, padahal ia baru saja bercerai dari suaminya. Gisel dan Gading Marten resmi cerai pada Januari 2019.

Penjelasan

Wijaya Saputra. (dok. @jayforeal/https://www.instagram.com/p/BuThGs9FGRD/Indah Permata Niska)

Terkait hal ini, Gisella Anastasia pun memberi penjelasan. Untuk urusan percintaan, ia memang tipikal orang yang cepat menutup lembaran yang lama.

"Aku orang yang paling tidak bisa berpalsu-palsu atau berbohong. Capek gitu loh. Aku memang enggak tahu musti malu atau bangga," paparnya dalam tayangan infotainment, Jumat (16/3/2019).

"Tapi memang dari dulu aku kalau relationship udah (selesai), aku memang udah gitu. Bukan tipikal yang mengurung diri, takut kenal ini, ini, enggak. Kalau dibilang cepat move on, sebenarnya bukan cepat-cepat banget juga," lanjutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ini Sistem Keamanan Yang Akan Diterapkan di MRT Jakarta

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Transportasi baru MRT Jakarta sudah diuji coba 12 Maret lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Unggah Foto Memasak, Raline Shah Dinilai Bisa Jadi Istri yang Patuh

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya cantik, seksi,dan cerdas,  Raline Shah rupanya punya bakat dalam urusan memasak. Dalam sebuah foto yang dibagikan melalui akun Instagram pribadinya, Raline tampak sedang memasak.

"Seorang teman mengirimi saya ini dari 12 tahun yang lalu saat tinggal di Paris," ungkap Raline dalam bahasa Inggris, Jumat, 15 Maret 2019.

Mengenakan baju tanpa lengan bergaris sebatas lutut, perempuan kelahiran 4 Maret 1985 itu terlihat sedang memegang peralatan masak. Ia menaruh telur yang dimasakny ke atas 6 baki yang berada di depannya.

Menurut Raline, kawannya itu mengingatkan dirinya atas potensi tersembunyi yang ia miliki sebagai istri yang patuh suatu hari kelak.

"Saya memasak sarapan untuk teman-teman saya! Saya berhasil (dengan mudah) lupa bahwa saya bisa memasak (telur). Saya tak mengira bisa melakukan banyak hal selain akting atau belajar lebih banyak tentang akting," sambung Raline.

Namun, kata Raline, selalu ada tugas istri yang gagal. Ia mengingatkan kepada gadis-gadis untuk menjadi wanita yang membuat mereka bahagia.

"Banyak peran untuk dijelajahi dalam dunia nyata," tandas Raline Shah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Penyakit Katastropik Ini Menelan Biaya BPJS Kesehatan Paling Besar

Posted: 15 Mar 2019 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengobatan dan perawatan penyakit katastropik memakan biaya besar Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Ada penyakit katastropik menduduki tiga peringkat teratas dengan pembiayaan BPJS Kesehatan terbesar.

Deputi Direksi Bidang Jaminan Pembiayaan Kesehatan Rujukan BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arief memaparkan, pembiayaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk penyakit katastropik.

Penyakit katastropik merupakan penyakit yang proses perawatan memerlukan keahlian khusus dengan alat kesehatan canggih, dan memerlukan pelayanan kesehatan seumur hidup.

Penyakit yang teridentifikasi sebagai penyakit katastropik antara lain cirrhosis hepatis, gagal ginjal, penyakit jantung, kanker, stroke, serta penyakit darah (thallasemia dan leukemia).

"Penyakit jantung, gagal ginjal, dan kanker menempati urutan tiga penyakit teratas dengan pembiayaan JKN terbesar," papar Budi saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Jakarta, ditulis Jumat, 15 Maret 2019.

Ketiga penyakit katastropik tersebut tercatat berdasarkan data Branch Office Application (BOA) BPJS Kesehatan. Dalam diagram, penyakit jantung termasuk nomor satu memakan biaya BPJS Kesehatan dengan prevalensi 48 persen.

Pada tahun 2018, pengobatan penyakit jantung yang dijamin BPJS Kesehatan mengeluarkan biaya Rp 10,5 triliun dengan adanya 12,5 juta kasus.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Gagal ginjal dan kanker

Gagal ginjal dan kanker menduduki posisi kedua dan ketiga yang memakan biaya BPJS Kesehatan.

Berdasarkan data Branch Office Application (BOA) BPJS Kesehatan, tahun 2018 gagal ginjal membutuhkan biaya pengobatan Rp 2,3 triliun. Pengeluaran biaya tersebut dari adanya 1,7 juta kasus.

Pengeluaran pengobatan gagal ginjal sebesar 17 persen dan sudah termasuk dalam jaminan paket terapi (cuci darah dan Continous Ambulatory Peritoneal Dialysis/CAPD).

Budi menambahkan, pengobatan penyakit kanker (17 persen) juga menduduki posisi ketiga dengan 2,2 juta kasus yang tercatat pada tahun 2018. Pengeluaran BPJS Kesehatan untuk mengobati kanker menghabiskan Rp 3,4 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Sita Rp 156.758.000 dari Operasi Tangkap Tangan Ketum PPP Romahurmuziy

Posted: 15 Mar 2019 10:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita uang Rp 156.758.000 dari operasi tangkap tangan (OTT) terkait suap jabatan di Kementerian Agama yang melibatkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat 15 Maret 2019.

Wakil Ketua KPK Laode Syarief mengatakan, uang tersebut tersebut merupakan pelicin untuk lelang jabatan kepala kantor wilayah Kemenag Jawa Timur.

"Total uang yang diamankan tim KPK berjumlah Rp 156.758.000," kata Laode dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Sabtu (16/3/2019).

Laode menjelaskan, dalam operasi tangkap tangan tersebut, KPK menangkap enam orang yaitu Ketua Umum PPP Romahurmuziy, HRS (Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim), MFQ (Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik), ANY (asisten Romahurmuziy), AHB (Caleg DPRD dari PPP), serta S (sopir MFQ dan AHB).

KPK kemudian menetapkan tiga orang sebagai tersangka yaitu Romahurmuziy, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim HRS, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik MFQ.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Keluarga WNI Korban Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru

Posted: 15 Mar 2019 10:54 PM PDT

Liputan6SCTV, Padang - Salah seorang WNI korban penembakan di Selandia Baru diketahui adalah Zulfirmansyah asal Padang, Sumatra Barat. Zulfirmansyah dilaporkan baru 2 bulan menetap di Selandia Baru, mengikuti istrinya yang bekerja di sana.

Kabar penembakannya diterima keluarga dari istri korban, seorang warga Amerika Serikat.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (16/3/2019), sejak video penembakan di dalam masjid beredar, rumah orangtua Zulfirmansyah di daerah Nanggalo, Kota Padang, terus didatangi para kerabat. Mereka ingin mengetahui informasi tentang kondisinya. 

Sedangkan ibu Zulfirmansyah terus memantau perkembangan informasi kasus penembakan itu melalui televisi untuk mengetahui nasib putra bungsunya.

Kabar tentang Zulfirmansyah diketahui kakaknya dari teman-teman korban di Yogyakarta, dan kemudian mengonfirmasi langsung kepada istri korban di Selandia Baru.

Sementara itu, Sang istri memastikan, bahwa suami dan anaknya merupakan korban selamat dan saat ini masih dirawat intensif di rumah sakit setempat.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di jurusan seni murni Institut Seni Indonesia, Yogyakarta, Zulfirmansyah bergabung dalam komunitas seni sakato di Yogyakarta.

Bungsu dari enam bersaudara itu kemudian mempersunting seorang wanita warga Amerika Serikat, 4 tahun silam. Januari lalu, Zulfirmansyah pindah ke Selandia Baru, mengikuti istrinya yang mendapat pekerjaan di sana. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Romahurmuziy Terancam Dipecat dari Ketua Umum PPP

Posted: 15 Mar 2019 10:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy terjaring OTT Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nasib pria yang akrab disapa Romi di PPP pun terancam.

"Diberhentikan sementara. Itu ketentuan dalam AD ART PPP Pasal 11," kata Sekjen PPP Arsul Sani saat memberikan keterangan persnya di kantor DPP PPP, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Arsul mengatakan hal itu berdasarkan ketentuan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (ADART) PPP pasal 11. Dalam aturan itu, kata Arsul, Ketua Umum yang terjerat kasus baik itu korupsi, narkoba, maupun terorisme terancam diberhentikan sementara dari jabatannya.

"Tentu dengan penetapan status tersangka dari KPK maka harus kami sikapi secara organisasi. Namun sikap organiasi harus berbasis ADART yang berlaku," ucap Arsul.

Sebelumya, Ketum PPP Romahurmuziy atau Romi terjaring OTT KPK di wilayah Surabaya, Jawa Timur pada Jumat 15 Maret 2019.

Dari tangan Romi KPK menyita barang bukti uang ratusan juta rupiah. Kini, Romi telah resmi menjadi tersangka dan ditahan oleh KPK.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Pasta Italia yang Populer di Indonesia, Kenali Perbedaan dan Cara Mengolahnya

Posted: 15 Mar 2019 10:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasta merupakan kuliner khas Italia yang begitu mendunia. Pasta sudah menjadi makanan favorit tak hanya warga Italia, tapi juga orang diseluruh dunia.

Pasta sendiri berasal dari bahasa Italia "pasta alimentare" yang berarti adonan bahan makanan. Pasta dibuat dari tepung terigu semolina. Terigu ini merupakan hasil gilingan biji gandum durum dicampur telur sehingga sedikit berwarna kuning cerah. Ketika dimasak dengan benar pasta akan menghasilkan tekstur sedikit kenyal.

Beberapa pasta dibuat menggunakan tepung beras atau kacang-kacangan seperti kacang hitam atau lentil sebagai pengganti tepung gandum untuk menghasilkan rasa dan tekstur yang berbeda, atau bagi mereka yang perlu menghindari produk yang mengandung gluten.

Di negeri asalnya sendiri pasta memiliki ratusan jenis dan diprediksi akan terus bertambah seiring peradaban manusia.

Mengenal Pasta

Jenis Pasta Italia (sumber: iStockphoto)

Pasta adalah makanan pokok dari ragam kudapan Italia. Pasta pertama kali disebutkan pada tahun 1154 di Sisilia. Pasta dibagi menjadi dua kategori umum yaitu pasta kering (pasta secca) dan pasta segar (pasta fresca).

Kebanyakan pasta kering diproduksi secara komersial melalui proses ekstrusi, yaitu dengan mendorong keluar adonan pasta melalui lubang-lubang saringan sebuah mesin. Sementara pasta segar secara tradisional diproduksi dengan tangan, kadang juga dengan bantuan mesin sederhanaPasta segar yang tersedia di toko grosir diproduksi secara komersial oleh mesin skala besar.

Di Italia, nama-nama bentuk atau jenis pasta tertentu sering berbeda di setiap tempat. Misalnya, pasta bentuk cavatelli dikenal dengan 28 nama berbeda tergantung kota dan wilayah.

Sebagai kategori dalam masakan Italia, baik pasta segar maupun kering secara klasik digunakan dalam satu dari tiga jenis hidangan yaitu :

· Pasta asciutta (atau pastasciutta) yaitu pasta yang dimasak berlapis dan disajikan dengan saus atau bumbu tambahan;

· Pasta in brodo, di mana pasta dicampur sebagai olahan sup dan bagian dari hidangan jenis sup.

· Pasta al forno, di mana pasta dimasukkan ke dalam hidangan yang kemudian dipanggang dalam oven.

Hidangan pasta pada umumnya sederhana, tetapi tiap olahan pasta bervariasi dalam penyajiannya. Beberapa hidangan pasta disajikan sebagai hidangan kecil atau untuk makan siang ringan, seperti salad pasta. Hidangan lain yang mungkin lebih besar digunakan untuk makan malam. Saus pasta juga bisa bervariasi dalam rasa, warna, dan tekstur.

Dalam hal nutrisi, pasta memiliki kandungan 31% karbohidrat, 6% protein, rendah lemak, jumlah mangan sedang, tetapi pasta umumnya memiliki kandungan mikronutrien yang rendah.

Jenis-jenis Pasta Italia

Jenis Pasta Italia (sumber: iStockphoto)

Di italia sendiri terdapat ratusan jenis pasta dan terus bertambah melihat inovasi yang ada. Beberapa jenis pasta yang sudah mendunia dan menjadi kesukaan banyak orang, termasuk masyarakat Indonesia. Jenis-jenis pasta tersebut seperti spaghetti, lasagna, macaroni dan lain sebagainya.

Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan nama-nama bentuk pasta dalam bahasa Italia. Misalnya Pasta yang berbentuk panjang seperti mi disebut spageti, variasi yang lebih kecil disebut vermicelli, variasi yang panjang dan pipih disebut linguine, sedangkan versi yang agak tebal disebut fettucine.

Pasta berbentuk pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Beberapa orang mungkin tak mengenali nama dari jenis-jenis pasta karena bentuknya yang hampir mirip. Sehingga tak jarang ada yang hanya menyebut 'makaroni' atau 'spaghetti'.

Nah, supaya tak salah sebut lagi, berikut jenis-jenis pasta Italia yang cukup populer di Indonesia yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat(15/3/2019).

Beda jenis pasta Italia

Spaghetti

Spaghetii adalah pasta yang berbentuk tabung yang ramping dan panjang. Jenis pasta ini merupakan jenis yang paling terkenal didunia. Spaghetti adalah bentuk jamak dari kata spaghetto Italia, yang merupakan perkecilan dari spago, yang berarti "senar tipis" atau "benang".

Cara mengolah spaghetti pun bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu spaghetti yang dihidangkan dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Vermicelli

Vermicelli merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Pasta ini mirip spageti, hanya saja vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut dan bisa juga dijadikan isi sup.

Fettucine

Fettuccine merupakan pasta panjang berbentuk pipih seperti pita dengan lebar kira-kira 6,5 milimeter. Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti "pita kecil" adalah jenis pasta yang populer di masakan Romawi.

Lasagna

Lasagna berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 sentimeter dan lebar 5 cm. lasagna biasa diolah dengan diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

Fusilli

Fusilli merupakan salah satu jenis pasta berbentuk spiral. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

Jenis pasta yang populer di Indonesia

Jenis Pasta Italia (sumber: Pixabay)

Cavatelli

Cavatelli yang umum adalah jenis pasta kerang kecil yang terlihat seperti miniatur roti hotdog. Cavatelli juga dikenal dengan nama orecchie.

Ravioli

Ravioli adalah jenis masakan tradisional Italia yang bentuknya seperti pastel. Caranya, mengisi antara dua lapisan tipis adonan pasta dan disajikan baik dalam kaldu atau dengan saus pasta.

Penne

Penne adalah jenis pasta berbentuk silinder dan pendek-pendek. Penne berasal dari bahasa Latin penna, yang berarti "bulu" atau "pena".

Macaroni

Macaroni adalah pasta kering yang dibuat dengan gandum durum. Macaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung.

Farfalle

Farfalle adalah jenis pasta yang disebut "kupu-kupu pasta". Sebutan ini karena bentuknya mirip kupu-kupu dengan ujung bergerigi. Pada awal kemunculannya, farfalle memiliki beberapa ukuran tapi tetap berbentuk dasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keluar Gedung KPK, Romahurmuziy Kenakan Rompi Tahanan

Posted: 15 Mar 2019 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menahan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat 15 Maret 2019.

Romahurmuziy keluar dari gedung KPK sekitar pukul 11.47 WIB. Pria yang akrab disapa Romi ini tampak mengenakan rompi tahanan berwarna oranye.

"Saya merasa dijebak," kata Romi ketika keluar dari gedung KPK, Sabtu (16/3/2019).

Romi kemudian langsung digiring petugas ke mobil tahanan KPK. Romi juga memberikan surat terbuka untuk Indonesia dengan tulisan tangganya.

Dalam isi surat tersebut terdapat 7 poin. Dalam poin kedua, Romahurmuziy mengaku merasa dijebak dengan sebuah tindakan dalam sebuah hotel. Tetapi pertemuan tersebut justru jadi petaka.

Romi sebelumnya terjaring OTT KPK pada Jumat 15 Maret 2019. Dari tangan Romi KPK menyita uang ratusan juta. Uang tersebut diduga bagian dari suap atau fee terkait jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

"Seratusan juta yang diamankan di lokasi dalam bentuk mata uang rupiah," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Sabtu (16/3/2019).

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Choi Jonghoon Diperiksa Polisi karena Kasus Seungri

Posted: 15 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kasus asusila yang menjerat Seungri juga melibatkan Choi Jonghoon. Mantan member FTISLAND itu mendatangi Kepolisian Metro Seoul, Sabtu (16/3/2019) untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Ia dituduh ikut menyebarkan video seks dari rekaman kamera tersembunyi, terkait kasus grup chat Seungri dan Jung Joon Young.

Mengenakan setelan hitam, Choi Jonghoon tiba pada pukul 10.00 waktu Korea. Sesaat sebelum masuk ke kantor polisi, Jonghoon sempat melayani beberapa pertanyaan wartawan yang telah menantinya dengan singkat.

"Hari ini aku akan diselidiki oleh polisi. Aku minta maaf karena telah membuat kontroversi," ujar Choi Jonghoon sepeti dilansir dari SBS News.

 

Insiden

Choi Jong Hoon. (soompi.com)

Selain akan diperiksa terkait dengan penyebaran video tersebut, Jonghoon juga akan diselidiki terkait dengan insiden mengendara sambil mabuk yang dilakukannya 3 tahun lalu. Pasalnya Jonghoon dituduh telah meminta bantuan polisi untuk menutupi kasusnya tersebut agar tidak diketahui oleh media.

 

Diperiksa

Seungri jalani pemeriksaan (AP Photo/Ahn Young-Joon)

 

Sebelumnya, Seungri, Jung Joon Young, dan mantan CEO Yuri Holdings Yu In Suk, juga telah menjalani pemeriksaan di tempat yang sama pada Kamis (14/3) yang berakhir pada Jumat (15/3) pagi.

Sumber: Jawapos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Jawab Rumor Bale ke MU

Posted: 15 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer menjawab rumor Gareth Bale ke MU. Manajer sementara Setan Merah itu menilai klub tidak berminat membeli pemain bintang dalam waktu dekat.

MU sudah lama mengincar Bale. Bahkan Setan Merah sudah empat kali memberikan penawaran pada Bale sejak masih membela Southampton.

Sayangnya hingga saat ini transfer itu belum terwujud. Setelah membela Soton ia pindah ke Tottenham lalu ke Real Madrid.

Namun rumor kepindahan Bale ke MU kembali mengemuka belakangan ini. Apalagi setelah Zinedine Zidane ditunjuk lagi menjadi pelatih Real Madrid.

Maklum, Bale tak punya hubungan baik dengan Zidane. Ia juga kerap dicadangkan oleh pelatih asal Prancis tersebut.

 

 

Komentar Solskjaer

6. Gareth Bale (Real Madrid) - 2,2 juta pound (Rp 39,7 miliar). (AP/Pavel Golovkin)

"Banyak faktor yang dipertimbangkan ketika Anda merekrut pemain. Bagi media atau fans mungkin hanya berpikir jangka pendek, namun tidak bagi klub," kata Solskjaer seperti dilansir Evening Standard.

"Klub harus berpikir jangka panjang sebelum membeli pemain. Selain itu si pemain juga harus punya kepribadian yang cocok," katanya menambahkan.

"Untuk sekarang saya tak mau berbicara soal Bale atau pemain lain yang lebih spesifik. Yang jelas kami mencari pemain yang berkualitas dan membantu tim."

Jadwal

Penyerang Real Madrid, Gareth Bale tampil superior kontra Celta Vigo pada laga lanjutan pekan ke-12 La Liga 2018/19, Senin (12/11) yang berlangsung di stadion Balaidos, Spanyol. Real Madrid menang 4-2. (AFP/Miguel Riopa)

Jadwal Liga Inggris:

Sabtu, 16 Maret 2019

22.00 WIB Bournemouth Vs Newcastle

22.00 WIB Burnley Vs Leicester

22.00 WIB West Ham Vs Huddersfield

Minggu, 17 Maret 2019

21.15 WIB Fulham Vs Liverpool

23.30 WIB Everton Vs Chelsea

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghias Kamar dengan Kertas Kado, Mudah dan Hemat untuk Tampilan Unik

Posted: 15 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kamar adalah istana bagi sebagian orang. Dari belajar, istirahat, sampai main game, semuanya dikerjakan di kamar. Karena itu, kamar yang nyaman jadi penting buat kita. Kamar yang nyaman akan membuat mood selalu baik dan bisa membuat lebih nyaman.

Itu mengapa sebagai orang rela capek-capek mendekorasi kamarnya seindah mungkin. Untuk menghias kamar kamu enggak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli pernak-pernik baru.

Manfaatkan saja barang-barang sisa, seperti kertas kado misalnya. Kadang kamu hanya menggunakan sebagian saja dari gulungan kertas kado yang dibeli. Daripada dibuang usai digunakan untuk membungkus kado, lebih baik sisanya kamu gunakan untuk mencoba beberapa cara menghias kamar.

Berikut cara menghias kamar dengan kertas kado yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019).

Cara Menghias Kamar dengan Kertas Kado

1. Gantungan Dekoratif

Cara Menghias Kamar (sumber: marthastewart)

Kamu bisa memanfaatkan kertas kado bekas untuk membuat gantungan dekoratif yang dipasang di jendela rumah, headboard, atau di pintu sebagai salah satu cara menghias kamar. Untuk mencoba cara menghias kamar dengan kertas kado seperti ini, kamu membutuhkan beberapa peralatan lain, seperti tali dan pembolong kertas. Gunakan kertas kado yang mengilap agar gantungan dekoratif tampil stylish dan elegan.

2. Pelapis Plafon Dekoratif

Cara menghias kamar ini sama halnya dengan menempelkan wallpaper. Cara menghias kamar dengan kertas kado ini juga membuat kamu berani mengekplorasi area plafon kamar. Pemasangan kertas kado yang dilakukan juga tidak jauh berbeda dengan menempelkan kertas kado pada dinding. Bedanya kamu bebas mengisi seluruh plafon kamarmu dengan kertas kado untuk tampilan dekor ruangan yang lebih maksimal.

3. Headboard Geometris

Cara Menghias Kamar (sumber : craftonfire)

Cara menghias kamar dengan kertas kado bekas yang satu ini dikombinasikan dengan pemanfaatan stereofoam bekas. Terlebih dahulu stereofoam dipotong-potong menggunakan cutter sesuai dengan bentuk geometri yang kamu inginkan. Setelah itu, kertas kado yang bermotif polos ditempelkan pada permukaan stereofoam. Susun bentukan geometris tersebut secara acak, sehingga menampilkan headboard dengan perpaduan warna yang dinamis.

4. Hiasan Tirai Berbentuk Kerucut

Untuk membuat hiasan dinding dari kertas kado berbentuk tirai kerucut, kamu akan memerlukan benang. Cara menghias kamar pertama, buatlah beberapa kerucut dengan menggulung kertas kertas yang telah dipotong dengan pola segitiga. Setelah itu ambil beberapa dan susun pada benang. Ulangi langkah tersebut lalu rekatkan ujung benang pada dinding hingga membentuk tirai.

5. Hiasan Dinding Pengganti Wallpaper

Cara Menghias Kamar (sumber: mydomaine)

Jika jumlah kertas kado sisa yang kamu miliki cukup banyak, cobalah cara menghias kamar dengan kertas kado berikut ini. Aneka motif yang nampak dari kertas kado bisa menjadi aksen yang menarik untuk dinding kamarmu. Meskipun tidak memiliki daya rekat sekuat wallpaper dinding, kamu tetap bisa memasangnya menjadi hiasan dinding.

Agar tampilannya serupa dengan wallpaper, pilihlah kertas kado berbahan matte. Gunakan double-stick tape untuk menempelkannya ke dinding. Namun, cara menghias kamar dengan kertas kado seperti ini akan lebih baik diaplikasikan pada sebagian dinding karena sangat mudah untuk lepas apabila ditempelkan pada dinding yang besar.

Cara Menghias Kamar dengan Barang Bekas

6. CD bekas

Zaman sekarang, compact disk atau CD adalah barang yang tidak lagi banyak digunakan. Jika kamu punya banyak tumpukan CD bekas kamu bisa menggunakannya untuk cara menghias kamar. Barang ini bisa kamu manfaatkan untuk menghiasi dinding kamarmu. Dijamin caranya gampang dan gak pakai ribet.

7. Bunga Bekas atau Bunga Plastik

Cara Menghias Kamar (sumber: anonfed)

Sebagian besar bunga pemberian pacar seringkali hanya kamu biarkan di kamar sampai kering dan berakhir di tempat sampah. Dari pada layu tanpa kenanga, kamu bisa mencoba cara menghias kamar dengan mengawetkan dan menempelkannya di dinding kamar.

Cara menghias kamar ini cukup mudah, kamu hanya perlu merentangkan setiap tangkai bunga di dinding kamar, dan menatanya rapi dengan selotip transparan. Tempelkan setiap tangkai agar "berbaris" seperti tirai yang menempel. Namun jika kamu ingin bunga tidak menjadi layu, maka kamu bisa beli bunga palsu yang berukuran panjang dan tidak banyak daun, misalnya bunga anggrek.

8. Stik es krim

Tak ada salahnya mengumpulkan stik es krim. Karena ternyata, bisa kamu gunakan untuk cara menghias kamar sebagai hiasan dinding yang unik. Kamu bisa membentuknya sesuka hati kamu dan menempelkannya di dinding, untuk mempercantik kamu juga bisa menambahkan cat

9. Botol bekas

Cara menghias kamar mengunakan botol yang tidak terpakai untuk menghiasi dinding kamar tentunya unik banget. Dekorasi dengan botol bekas akan membuat kamar kamu lebis artistik dan menarik.

10. Sedotan berbagai bentuk

Bila ingin nuansa unik dan ceria pada dinding kamar, manfaatkan saja sedotan warna-warni seperti ini. Kamu hanya perlu tambahan tali agar bisa menempel pada dinding.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aliando Syarief, Adipati Dolken dan Randy Nidji jadi Pemain Warkop DKI Reborn

Posted: 15 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss bakal kembali diulang. Falcon Pictures kembali membuat film Warkop DKI Reborn dengan pemain yang berbeda.

Setelah sekian lama membuat penasaran, para pemain Warkop DKI Reborn akhirnya diperkenalkan. Mereka adalah Aliando Syarief sebagai Dono, Adipati Dolken sebagai Kasino, dan juga Randy Nidji sebagai Indro.

Untuk film Warkop DKI Reborn kali ini akan disutradarai oleh Rako Prijanto. Aliando, Adipati dan Randy pun bersiap syuting di beberapa tempat.

"Kita akan syuting tanggal 18 Maret. Persiapannya cukup panjang dari mulai reading, latihan koreografi untuk dance dan juga rekaman untuk lagu-lagunya," ujar Adipati Dolken saat perkenalan Warkop DKI Reborn ditemui di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

 

Mirip

Para pemain Warkop DKI Reborn (Fimela.com)

Sementara itu, Indro Warkop yang juga akan bermain dalam ini mengatakan kalau untuk karakter di film ini akan lebih mengutamakan kemiriripan.

"Ini berkesenian. Kita bukan plagiat, saya memberikan karakter ini bisa disamakan sampai 70 persen, sisanya biar para pemain yang mengintepretasikan sendiri," ujar Indro Warkop.

Beberapa persiapan pun dilakukan para pemain untuk memainkan karakter ini. Salah satunya dengan menjalani proses make over demi menyerupai Dono, Kasino dan Indro. Seperti Adipati dan Aliando yang harus menguruskan badan sementara Randy malah kebalikannya.

 

Dono

Para pemain Warkop DKI Reborn (Fimela.com)

 

Namun perubahan paling drastis jelas tampak pada Aliando yang kini tampil dengan rambut bergaya era 70an dengan alis sengaja ditipiskan. Belum lagi harus memakai gigi palsu agar mirip dengan mendiang Dono.

"Gue sempat diet walaupun pada akhirnya hasil nggak sesuai ekspetasi. Semoga sebelum syuting bisa makin kurus karena challenge-nya tuh seperti Mas Dono di tahun 70an, gue memerankan dia pada saat itu," tandas Aliando.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tetapkan Ketua Umum PPP Romahurmuziy Tersangka Suap Jabatan

Posted: 15 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau Romi sebagai tersangka kasus suap jabatan di Kementerian Agama.

"KPK meningkatkan status penanganan perkara ke penyidikan dan tiga orang jadi tersangka," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarief dalam jumpa pers di KPK, Sabtu (16/3/2019).

Selain Romahurmuziy, KPK juga menetapkan dua orang lainnya yaitu Kepala Kantor Kemenag Gresik MFQ dan Kepala Kanwil Kementerian Agama, Jawa Timur HRS.

Laode mengatakan, sebagai pihak penerima suap, Romahurmuziy dan kawan-kawan atau pihak dari Kemenag disangka melanggar Pasal 1 huruf a atau b Pasal 11 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi jo Pasal 55 ayat 1 kesatu KUHP.

Sebagai pihak yang diduga pemberi FMQ disangkakan melanggar pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

Sementara itu, HRS disangkakan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a atau huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001.

"Dalam perkara ini, diduga RMY bersama-sama dengan pihak Kementerian Agama RI menerima suap untuk mempengaruhi hasil seleksi jabatan pimpinan tinggi di Kementerian Agama RI," beber Laode.

 

 

Uang

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyita uang ratusan juta dari hasil operasi tangkap tangan (OTT) Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy), Jumat (15/3/2019). Uang tersebut diduga bagian dari suap atau fee terkait jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

"Seratusan juta yang diamankan di lokasi dalam bentuk mata uang rupiah," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah di Gedung KPK, Sabtu (16/3/2019).

Juru bicara KPK, Febridiansyah, menyebut OTT terhadap Romahurmuziy terkait pengisian jabatan di kantor wilayah Kementerian Agama di daerah atau pusat.

"Pengisian jabatan di Kemenag daerah atau pun pusat," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Kavling C1, Kuningan, JakartaSelatan, Jumat (15/3/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Asyik, Jasa Marga Bayar Tiket Pengguna KRL dari Bekasi

Posted: 15 Mar 2019 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memperluas Program Senin Diongkosin. Kali ini Jasa Marga menggandeng PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menjalankan program Senin Diongkosin bagi pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di Bekasi.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengatakan, setelah sukses meluncurkan program Senin Diongkosin untuk para pengguna Transjakarta di Halte Summarecon Bekasi, Jasa Marga memperluas program, dengan menggandeng KCI untuk memberlakukan program Senin Diongkosin bagi pengguna Kereta Rel Listrik (KRL) di Bekasi.

"Kami harap kerjasama dengan PT KCI untuk memberlakukan Program Senin Diongkosin di KRL juga membawa dampak dan manfaat yang lebih luas lagi kepada masyarakat Bekasi, khususnya yang terkena dampak kepadatan lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek eksisting akibat pembangunan infrastruktur secara bersamaan," kata Heru, di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Dalam program Senin Diongkosin, para pengguna moda transportasi massal Bus Transjakarta dan KRL di Bekasi sesuai dengan lokasi berlakunya program, tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, karena perjalanan dari Bekasi menuju Jakarta sudah ditanggung penuh oleh Jasa Marga.

Khusus untuk KRL, tarif yang ditanggung sebesar Rp 10 ribu merupakan perjalanan pulang-pergi penumpang di tiga stasiun wilayah Bekasi menuju Jakarta dengan asumsi terjauh tarif Rp 5 ribu per sekali jalan.

Program tersebut berjalan mulai 18 Maret 2019, warga Bekasi yang biasa menggunakan KRL di tiga stasiun yaitu Stasiun Kranji, Stasiun Bekasi dan Stasiun Cikarang, berkesempatan mendapatkan pengembalian uang (cash back top up) Rp10 ribu.

Masih sama dengan Bus Transjakarta, Program Senin Diongkosin untuk KRL juga berlaku setiap hari Senin pada jam padat yaitu pada pukul 05.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-20.00 WIB, selama bulan Maret sejak tanggal berlaku hingga akhir April 2019.

 

Prosedur Mudah

Kereta Rel Listrik (KRL) Jabodetabek melintas di area pembangunan Stasiun Sudirman Baru di Kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Rabu (22/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Berbeda dengan Transjakarta, sistematika pemberian cashback bonus saldo Rp 10 ribu ini pun relatif mudah. Program ini hanya berlaku untuk pengguna KRL yang menggunakan Kartu Multi Trip (KMT). Pengguna KRL harus melakukan top up saldo KMT di Loket Stasiun minimal Rp 20 ribu untuk mendapatkan bonus saldo Rp 10 ribu.

Setiap hari Senin, program ini hanya berlaku untuk satu nomor KMT di salah satu dari ketiga stasiun dimana program Senin Diongkosin berlaku.

VP Corporate Communications PT KCI Erni Sylviane Purba menyatakan, KCI mendukung penuh kerja sama ini dengan menyiapkan berbagai perangkat dan petugas di stasiun untuk kelancaran program Senin Diongkosin.KCI pun mengajak para pengguna jalan untuk memanfaatkan program ini dan berpindah moda dari transportasi pribadi ke KRL.

"Tentunya saat naik KRL sebaiknya memakai KMT sehingga pengguna dimudahkan, tidak perlu antri untuk isi ulang tarif setiap hendak menggunakan KRL. KMT juga bisa digunakan untuk bertransaksi di parkir stasiun bertanda KMT dan di toko C-Corner," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ketum PPP Romahurmuziy Ditahan KPK

Posted: 15 Mar 2019 10:12 PM PDT

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan rompi tahanan meninggalkan gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Surabayapada Jumat (15/3) pagi itu ditahan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan rompi tahanan meninggalkan gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Surabayapada Jumat (15/3) pagi itu ditahan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan rompi tahanan meninggalkan gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Surabayapada Jumat (15/3) pagi itu ditahan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan rompi tahanan meninggalkan gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Surabayapada Jumat (15/3) pagi itu ditahan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan mengenakan rompi oranye memasuki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat OTT di Surabaya pagi itu resmi menjadi tahanan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan mengenakan rompi oranye memasuki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat OTT di Surabaya pagi itu resmi menjadi tahanan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan mengenakan rompi oranye memasuki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat OTT di Surabaya pagi itu resmi menjadi tahanan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan mengenakan rompi oranye memasuki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat OTT di Surabaya pagi itu resmi menjadi tahanan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulan Depan, Lambretta Luncurkan Motor Baru di Indonesia

Posted: 15 Mar 2019 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama merek motor Lambretta pasti sudah tak asing lagi bagi penggemar motor klasik. Pabrikan otomotif asal Italia tersebut kabarnya siap memasuki pasar Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan hadirnya akun Instagram @lambrettaid. Terlihat setiap unggahan foto dalam akun tersebut terdapat hashtag #lambrettaindonesia.

Kapan? Menurut unggahan di @lambrettaid, skuter bergaya retro itu akan come back ke Indonesia mulai April 2019. Lambretta juga mulai membagikan siluet skuternya.

Gambar siluet itu menjadi potongan gambar terakhir pada unggahan tentang evolusi Lambretta. Unggahan itu terdiri dari skuter Lambretta mulai tahun 1947 hingga model yang paling terakhir pada tahun 1966. Dan di foto paling akhir baru ada siluet dengan keterangan tahun 2019 dan kalimat Coming Soon.

 

 

 

Lambretta siap menjajal pasar Indonesia (@lambrettaid)

"Coba tebak, series Lambretta apa yang muncul pada puzzle di atas? Share jawaban lo di kolom komentar untuk mendapatkan 3 invitation ke Brand Launch Lambretta bulan April!" tulisnya pada unggahan lainnya.

Itu artinya, bulan depan Lambretta sudah siap dengan pabrikan senegaranya untuk bertarung di pasar Indonesia. Hanya saja soal kapan tanggal pastinya, belum ada bocoran.

Sumber: Otosia.com

Terlihat Mirip, Vespa dan Lambretta adalah Motor yang Berbeda

Lambretta dikabarkan akan masuk ke Indonesia. Hal tersebut terlihat dari unggahan @lambrettaid di Instagram yang menggoda para penggemarnya di Indonesia.

Sama-sama mengusung gaya retro, sekilas skuter matik Vespa dan Lambretta memang sama. Tapi keduanya jelas jauh berbeda. Dari pabrikannya pun sudah berbeda. Vespa dan Lambretta berasal dari pabrikan yang tak sama, walaupun berasal dari negara yang sama, Italia.

 

Lalu soal fisiknya, coba perhatikan lebih baik lagi, detail keduanya sangat berbeda. Misal bentuk lampu utamanya, Lambretta punya bentuk heksagonal (segi delapan), sedangkan Vespa memiliki bentuk bulat atau mengotak.

Selain itu konsep bodi keduanya juga berbeda. Lambretta menggunakan konsep bodi spar frame, yang mana bodi dan rangka skuter bisa terpisah.

Sebaliknya, Vespa menggunakan monocoque, yang mana mesin dan suspensi melekat pada bodi yang jadi penopang utama.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Siswi SMP Kendari Tertipu Muslihat Air Bertuah Milik Dukun Cabul

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - IR (15), seorang siswi SMP di Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara menjadi korban aksi nakal seorang dukun cabul berinisal SA (39). Bagian sensitif pelajar itu diraba saat ia dimandikan dengan air yang diklaim bertuah milik sang dukun.

Cerita aksi dukun cabul ini bermula ketika IR mengeluhkan sakit kepala yang ia rasakan dan tak kunjung sembuh kepada orangtuanya. Segala cara pun telah dicoba oleh orangtua IR agar sakit kepala anaknya itu segera hilang.

Awalnya orangtua IR membawa anak perempuannya itu ke dokter untuk mendapatkan pengobatan medis, tetapi sakit kepala yang dirasakan IR tak kunjung sembuh. Orangtua IR pun menduga bahwa sakit yang diderita anaknya bukanlah sakit biasa.

Alhasil orangtua IR pun mencari orang pintar yang bisa mengobati anak kesayangannya itu. Setelah mendapat petunjuk dari tetangga rumahnya, IR pun dibawa ke rumah SA untuk mendapatkan pengobatan.

"Dia dibawa ibunya ke rumah si dukun, kata tetangga yang lain, pelaku itu orang pintar," ujar Kapolsek Mandonga, AKP Jupen Simanjuntak, Jumat, 15 Maret 2019.

Saat pertama kali bertemu, orangtua IR sangat percaya bahwa SA benar-benar memiliki kemampuan ajaib yang bisa menyembuhkan segala penyakit. Saking percayanya orangtua IR sampai membawa anaknya itu ke dukun tersebut saat sakit anaknya kambuh lagi.

"Dibawa dua kali karena korban belum sembuh dan harus melengkapi proses pengobatan. Tanggal 3 Maret dan 10 Maret. Itu untuk membersihkan korban dari penyakit," jelas Jupen.

Saat pengobatan kedua, pada Minggu, 10 Maret 2019, SA membawa IR masuk ke dalam kamar pribadinya. Ia lalu merapalkan mantra-mantra dan memandikan IR dengan air yang diklam mujarab.

"Saya disiramkan air ke seluruh badan, di situ saya dipegang-pegang bagian atas dan bawah tubuh saya," jelas IR saat diperiksa oleh penyidik di Polsek Mandonga.

Apa yang dilakukan SA ini pun dilaporkan IR kepada orangtuanya. Orangtua IR yang tidak terima bagian sensitif anaknya diraba oleh dukun itu akhirnya melapor ke Polisi.

"Kami melakukan penindakan berdasarkan laporan orangtua korban, saat ini pelaku sudah diamankan," jelas Jupen lagi.

Karena ulah nakalnya, SA pun dijerat dengan pasal 82 ayat 1 junto pasal 76 E tahun 2016 KUHP, tentang perlindungan anak. Ia diancam dengan hukuman penjara maksimal 5 tahun penjara.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Slank Tolak Artis Nyaleg Ikut Gerakan #BarengJokowi

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Grup band Slank menggagas sebuah Gerakan #BarengJokowi untuk  mendukung pasangan calon (Paslon) nomer 1, Jokowi-Ma'ruf Amin. Tak hanya itu, Slank juga membuat lagu dengan judul yang sama dengan gerakan yang mereka buat.  

Pentolan grup band Slank, Bimbim mengatakan, ada ratusan artis yang bergabung dalam gerakan #BarengJokowi. Meskipun awalnya hanya 33 artis yang mau ikut serta bersama Slank untuk menjalani gerakan dukung Jokowi dua periode. 

"Awalnya kan 33 makin kesini makin bertambah dan jadi 107 musisi dan seniman," ujar Bimbin saat jumpa pers #BarengJokowi di markas besar Slank di Potlot, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

 

Tak Ada

Slank (Deki Prayoga/Fimela.com)

Namun tak semua artis atau seniman bisa ikut dalam gerakan tersebut. Kata Bimbim, ia tak mau ada artis yang ikut mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg) masuk dalam gerakan #BarengJokowi. 

"Tapi kita menghindari, artis yang nyaleg ikut dalam gerakan ini," kata Bimbim.

 

Alasan

Slank (Deki Prayoga/Fimela.com)

Bukan tanpa alasan, menurut Bimbim bila ada artis dan seniman yang mencalonkan diri ikut dalam gerakannya, akan ada ucapan tak sedap nantinya. Ia mau gerakannya ini murni mendukung Jokowi tanpa dibayar secuil pun. 

"Kenapa enggak boleh ikut,  takutnya disebut enggak pure nanti gerakannya. Kita non partai dan non politik, jadi tidak dibayar," kata Bimbim. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Kreasi Cantik Jelly 3D Ini Dijamin Bikin Kalian Takjub

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jelly menjadi salah satu camilan yang digemari semua orang dari berbagai kalangan. Tak hanya nikmat, jelly juga tentunya baik untuk kesehatan khususnya pencernaan. Kalian tentu biasa memakan jelly dengan beragam rasa dan juga warna, namun apa kalian pernah mencoba jelly 3D?

Seorang wanita bernama bernama Siew Boon ini telah membuat 3D jelly cake sejak tahun 2016 lalu. Dia membuat jelly dengan berbagai hiasan bunga di dalamnya yang tentu membuat kita takjub melihatnya.

Sayangnya pada tahun 2017, Siew didiagnosa menderita penyakit kanker payudara stadium 3. Tak ingin berlarut pada penyakitnya, dia terus memfokuskan diri untuk berkreasi dengan beragam jelly 3D yang dibuatnya.

Melalui instagramnya @siewheng83 selalu mengunggah hasil karyanya yang tak hanya cantik tapi juga indah. Saat ini Siew kerap mengisi acara demo masak dan mendapat banyak pesanan. Butuh waktu sekiranya 4 jam untuk membuat satu buah jelly 3D. Lantas apa kalian penasaran melihat jelly dengan hiasan 3D tersebut?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Cerita Reporter Pembongkar Skandal Seks Artis Korea

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di balik terbongkarnya mega skandal seks di Korea ini ada peran penting seorang reporter wanita bernama Kang Kyung Yoon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Bisa Tiru Belanda Dalam Menjatuhkan Hukuman untuk Psikopat

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis kedokteran jiwa konsultan dari Rumah Sakit Pondok Indah-Pondok Indah, Ika Widyawati, mengatakan, Indonesia mungkin saja bisa meniru negara Belanda dalam memberikan hukuman untuk orang-orang seperti pelaku penembakan di Selandia Baru.

"Untuk menangani psikopat atau orang-orang yang mengalami gangguan anti-sosial, akan dimasukkan ke dalam kurungan yang pintunya berlapis-lapis," kata Ika saat dihubungi Health Liputan6.com pada Sabtu, 16 Maret 2019.

Di sana, pelaku pembunuhan yang diketahui ternyata mengalami gangguan pada kejiwaannya tidak dihukum mati, melainkan dihukum seumur hidup. Akan tetapi penjaranya memiliki pintu yang berlapis-lapis.

"Penjaranya itu pun di rumah sakit jiwa," katanya.

 

Rekan sejawat merasakan sendiri

Ika bercerita, ada rekan sejawatnya yang tengah meninjau tempat perawatan pasien-pasien psikopat di Belanda. Benar saja, rumah sakit jiwa di sana memiliki ruang khusus, semacam penjara, dengan pintu yang jumlahnya sangat banyak.

"Dia merinding langsung minta keluar," ujarnya.

Hukuman seperti itu diharapkan pasiennya bisa berubah. Tetap dengan prinsip tidak dikeluarkan dari penjara, karena berbahaya.

Selama di penjara pun, kata Ika, pelaku tetap 'ditemani' seorang psikiater untuk terus berkomunikasi dengannya setiap hari.

"Ya dengan harapan bisa mengubahnya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Presiden 2019, Siaran Langsung Persipura Vs Kalteng Putra Hari Ini

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Jadwal Piala Presiden 2019 sudah memasuki partai terakhir fase grup. Kali ini, giliran tim-tim grup C yang akan berlaga untuk terakhir kalinya sebelum melangkah ke fase gugur.

Persipura Jayapura berambisi menutup fase grup Piala Presiden 2019 dengan sempurna. Boaz Solossa dan kawan-kawan bakal menghadapi Kalteng Putra di Stadion Madya Magelang, Sabtu (16/3/2019).

Pada dua partai sebelumnya, Persipura meraih kemenangan atas PSIS Semarang 3-1, dan PSM Makassar 1-0. Melawan Kalteng Putra, tiga poin pastinya menjadi target skuat asuhan Luciano Leandro.

"Kami siap mengikuti seluruh instruksi pelatih untuk berikan hasil terbaik bagi Persipura," ujar gelandang Persipura, Titus Bonai.

Di sisi Kalteng Putra, tim polesan Gomes de Oliviera juga ingin tiga poin. Pasalnya, mereka masih berpeluang untuk lolos.

Berikut jadwal Piala Presiden 2019 yang akan disiarkan langsung Indosiar selengkapnya

Jadwal Piala Presiden 2019

Persipura saat sesi latihan dipimpin pelatih Luciano Leandro. (Bola.com/Abdi Satria)

Sabtu (16/3/2019)

15:30 WIB, Persipura Vs Kalteng Putra

18:30 WIB, PSIS Semarang Vs PSM Makassar

Klasemen Grup C

 No.  Tim  Main  Menang  Imbang  Kalah  Memasukan  Kemasukan  Poin
 1  Persipura  2  2  0  0  1  1  6
 2 PSIS Semarang  2  1  0  1  3  3  3
 3  Kalteng Putra  2  1  0  1  1  1  3
 4  PSM Makassar  2  0  0  2  2  2  0

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerugian Besar Ini Bisa Terjadi Jika Badai Matahari Terjang Bumi

Posted: 15 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pada awal tahun ini, Bank Denmark, Saxo Bank, merilis prediksi 2019. Ada beberapa hal mengerikan yang menjadi "ramalan buruk".

Salah satunya perkiraan itu adalah munculnya fenomena alam, badai matahari, yang diperkirakan memberi kerugian secara ekonomi.

Fenomena alam ini diprediksi akan menimbulkan kerugian sebesar US$2 triliun atau sekitar Rp 28.960 triliun!

Dikutip dari Metro, Sabtu (16/3/2019), Saxo memprediksi badai matahari akan menyapu satelit yang berada di hemisfer barat.

Hal ini akan mengakibatkan kerusakan di GPS, wisata luar angkasa, serta infrastruktur logistik dan listrik.

Sebelumnya, badai matahari hebat pernah terjadi pada 1859. Peristiwa yang dinamakan Carrington Event ini menyebabkan lontaran massa korona (coronal mass ejection/CME) menghantam magnetosfer bumi. Peristiwa ini mengakibatkan aurora borealis terlihat di seluruh dunia.

Selain itu, ada juga prediksi bahwa Apple akan membeli saham Tesla seharga US$ 520 per lembar.

Raksasa teknologi ini diperkirakan akan mengembangkan sahamnya di bidang otomotif.

Saxo juga memperkirakan Netflix akan gulung tikar pada tahun ini. Perusahaan asal Amerika Serikat tersebut "diramal" tidak akan kuat bersaing.

Sekadar informasi, prediksi ini berada di kajian "Outrageous Prediction" . Kajian tersebut memuat hal-hal yang kemungkinan akan terjadi pada 2019 dan berpengaruh terhadap finansial global.

Badai Matahari Menerjang Bumi, Apakah Indonesia Bakal Terdampak?

Badai Matahari 2012 (NASA)

Beberapa hari lalu, ahli prakiraan dari Space Weather mengumumkan kalau Badai Matahari akan bergerak mengarah ke Bumi pada hari ini, Jumat (15/3/2019). Badai tersebut merupakan hasil dari lubang yang ada di di atmosfer Matahari.

Secara teoritis, seperti dikutip dari The Express, Badai Matahari memiliki dampak yang cukup mengganggu. Beberapa di antaranya dapat mematikan sinyal ponsel, TV digital, hingga menonaktifkan fungsi GPS.

Meskipun demikian, Badai Matahari disebut tidak terlalu berbahaya. Dalam situsnya, Space Weather mengatakan bahwa Badai Matahari ini masuk dalam kategori G1 Minor. Dengan kata lain, peristiwa kali ini tidak berimbas banyak pada kondisi Bumi.

"Badai geomagnetik Minor kelas G1 kemungkinan akan tiba pada 15 Maret 2019. Oleh sebab itu, para pengamat langit di Artik, siapkan kamera kalian," tulis Space Weather.

Sekadar informasi, peristiwa badai magnetik biasanya menjadi penyebab terjadinya aurora di kutub utara dan selatan.

Untuk di Indonesia sendiri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), memastikan bahwa tidak ada dampak dari Badai Matahari. Hal itu diumumkan melalui akun Twitter resmi masing-masing.

Menurut BMKG, berdasarkan pemantauan yang dilakukan pada enam stasiun magnet Bumi di Indonesia, dampak dari badai magnetik yang ada sangat lemah. Pun ada masalah, biasanya terjadi pada wilayah lintang tinggi.

"Indonesia yang berada di wilayah ekuator memiliki kemungkinan sangat kecil untuk mengalami gangguan akibat badai geomagnetik ini," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya.

 

Pernyataan LAPAN

Badai Matahari ( NASA/SDO/Goddard)

Senada dengan BMKG, LAPAN menyebut bahwa intensitas paparan badai kali ini sangat lemah, meski ada kemungkinan paparan ini dapat berdampak pada satelit.

Menurut LAPAN, pengaruh Badai Matahari ke satelit dapat mengakibatkan perangkat tersebut kelebihan paparan energi (latch up).

"Pengaruh badai matahari ke satelit, yaitu akan mengalami latch up/over current (kelebihan paparan energi), sehingga harus dibuang dengan cara menyalakan beberapa sub-sistem/ devices (reaction wheel, RF transmission, kamera, dsbnya)," tulis LAPAN.

Perlu diketahui, Badai Matahari sebenarnya merupakan peristiwa alam yang normal terjadi. Biasanya, peristiwa ini terjadi karena ada aktivitas pelontara massa korona di Matahari.

Saat sampai di Bumi, Badai Matahari yang berinteraksi dengan medan magnet akan mengakibatkan gangguan sementara pada lapisan magnetosfer sehingga mengakibatkan Badai Geomagnetik.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Video Badai Matahari Nasa]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duka Penembakan di Selandia Baru, Australia Pasang Simbol Ikonik Negeri Kiwi

Posted: 15 Mar 2019 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Sydney - Duka juga dirasakan negeri tetangga, Australia, atas teror penembakan di masjid Selandia Baru pada Jumat 15 Maret 2019. Menurut data terakhir, jumlah korban tewas mencapai 49 orang.

41 orang meninggal di Masjid Denes Avenue, Al Noor Mosque, 7 orang di masjid Linwood Avenue, satu orang meninggal di rumah sakit sementara lebih dari 40 orang dirawat karena cedera di Rumah Sakit Christchurch, termasuk seorang anak berusia 5 tahun.

Untuk mengenang para korban penembakan di Selandia Baru, seperti diberitakan CNN, yang dikutip Sabtu (16/3/2019), salah satu landmark Australia yang paling dikenal, Sydney Opera House, akan menampilkan simbol ikonik Negeri Kiwi. Gambar pakis perak khas negara itu akan muncul pada Sabtu malam.

Perdana Menteri New South Wales (NSW), Gladys Berejiklian, mengumumkan upaya penghormatan untuk para korban penembakan di Selandia Baru itu melalui akun Twitter resminya. Dengan mengatakan itu adalah "simbol solidaritas, dukungan, dan rasa hormat."

Sementara itu, Melbourne, kota terbesar kedua di Australia, menyalakan lampu dengan warna bendera Selandia Baru pada Jumat malam. Di mana Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan bendera akan dikibarkan setengah tiang untuk menghormati 49 orang yang terbunuh.

Layanan keamanan Australia bekerja sama dengan Selandia Baru mereka untuk menyelidiki pria berusia 28 tahun, Brenton Tarrant yang dituduh melakukan pembunuhan setelah serangan itu.

Saksikan juga video terkait penembakan di masjid Selandia Baru berikut ini:

Tersangka Dijatuhi Dakwaan

Ilustrasi bendera Selandia Baru (AFP)

Tersangka utama penembakan di Selandia Baru yang menargetkan dua masjid di Kota Christchurch, telah disidang perdana pada Sabtu, 16 Maret 2019.

Brenton Tarrant (28), pelaku serangan yang menewaskan 49 orang itu muncul di pengadilan dengan kemeja putih polos dan tangan diborgol. Pengadilan setempat menjatuhkan satu dakwaan kepada Tarrant, akibat tindakan pembunuhan pada Jumat siang kemarin. Namun, dakwaan lain disinyalir akan diberikan kepadanya pada persidangan selanjutnya.

Hakim mengatakan "masuk akal untuk mengasumsikan" akan lebih banyak dakwaan yang diajukan, sebagaimana dikutip dari laman globalnews.ca, pada Sabtu (16/3/2019).

Hal itu senada dengan pernyataan kepolisian Selandia Baru di Twitter bahwa perincian (terkait dakwaan lain) akan "dikomunikasikan pada kesempatan yang akan datang, secepat mungkin."

Tarrant dijadwalkan untuk disidang kembali pada 5 April mendatang, sebagaimana dikutip dari BBC News. 

Perlu diketahui, tersangka lain penembakan di Selandia Baru juga tengah ditahan, sementara polisi mencoba menentukan peran apa yang mereka mainkan dalam serangan itu.

Tak satu pun dari mereka yang ditahan memiliki catatan kriminal.

PM Jacinda Ardern mengatakan Tarrant memiliki lima senjata dan lisensi senjata api. Mengetahui hal tersebut, ia mengatakan bahwa undang-undang kepemilikan senjata akan diubah.

Pada kesempatan yang sama, Ardern juga menambahkan bahwa bendera akan dikibarkan setengah tiang di gedung-gedung pemerintah kota Christchurch sebagi ungkapan berkabung atas penembakan di Selandia Baru, "sampai pemberitahuan lebih lanjut".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Jenis Sapi Potong Terbaik dengan Kualitas Daging Unggulan

Posted: 15 Mar 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Satu-satunya jenis daging yang dipatok harga tertinggi di pasaran adalah daging sapi. Tak hanya lezat, daging sapi juga penuh dengan gizi. Konsumsi daging sangatlah penting untuk kesehatan tubuh karena kandungan gizinya yang kaya akan sumber protein dan besi.

Jenis sapi yang dimanfaatkan untuk dikonsumsi dagingnya disebut dengan sapi potong. Sementara itu, terdapat jenis sapi lainnya yang dikembangbiakkan secara khusus dengan tujuan untuk menghasilkan susu yaitu sapi perah.

Di antara kedua jenis sapi tersebut, sapi potong lebih banyak dikonsumsi orang-orang karena masih sedikitnya kesadaran akan pentingnya mengonsumsi susu murni. Alhasil, sapi potong pun paling laku di pasaran. Terlebih saat hari-hari besar, permintaan sapi potong akan membludak yang berakibat pada naiknya harga.

Seiring dengan banyaknya permintaan, usaha ternak sapi potong juga terbilang cukup menguntungkan. Berbicara mengenai ternak sapi, terdapat beberapa jenis sapi potong yang beredar di pasaran. Selengkapnya, berikut adalah jenis sapi potong yang dengan kualitas unggulan yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

Jenis Sapi Potong dengan Kualitas Unggulan

1. Sapi Brahma

Sapi potong yang pertama adalah sapi Brahma. Jenis sapi ini banyak dikenal dengan sebutan nama brahman. Sesuai namanya, sapi potong ini berasal dari India. Fisiknya yang kuat menarik perhatian peternak sapi asal Amerika untuk mengembangbiakkan sapi Brahma.

Berkat teknologi di Amerika yang memadai, sapi Brahma telah dikembangbiakkan menjadi sapi dengan daging berkualitas dan bobot yang tidak akal-akalan. Sapi Brahma dapat diimpor dari Amerika dan kini terkenal sebagai sapi potong fenomenal.

2. Sapi Beefalo

Sapi Beefalo adalah hasil persilangan antara sapi Catallo yang merupakan sapi lokal Amerika dengan bison Amerika yang terkenal dengan bobotnya yang besar. Dari persilangan tersebut, terciptalah sapi Beefalo yang juga berukuran besar.

Sapi Beefalo disebut-sebut memiliki rendah lemak, rendah kolesterol jahat, dan tinggi protein ketimbang sapi-sapi pada umumnya. Selain itu, sapi Beefalo juga memiliki kulit yang sangat tebal menuruni kulit bison sehingga bisa beradaptasi dengan cuaca dingin yang ekstrim.

3. Sapi Limousin

Sapi Limousin adalah sapi potong impor yang banyak dicari di Indonesia. Jenis ini termasuk sapi tertua karena banyaknya gambar di gua nenek moyang Perancis. Habitat sapi Limousin berada di daerah yang sangat dingin. Sehingga rumput tidak tumbuh subur di sana.

Meski habitatnya sedemikian rupa, sapi Limousin lolos dari seleksi alam yang membuat mereka berkembang menjadi sapi potong dengan daging berkualitas. Namun bagusnya kualitas daging sapi Limousin tidak semata-mata atas seleksi alam. Peternak di Perancis berjuang menjaga kualitas sapi tersebut sehingga menghasilkan daging unggulan.

4. Sapi Angus

Selanjutnya, sapi Angus asal Skotlandia juga tidak kalah saing dengan sapi potong lainnya. Ciri sapi Angus adalah kulitnya yang berwarna hitam dengan bobot yang besar. Sapi Angus memiliki kualitas daging yang baik dan juga daya tahan tubuh yang tidak jauh berbeda dengan sapi Brahma.

Kualitas daging sapi Angus berdasar pada kandungan lemaknya yang sangat rendah sekaligus serat yang padat. Seperti sapi Beefalo, sapi Angus dapat beradaptasi dengan baik di segala cuaca.

Jenis Sapi Potong dengan Berat Fantastis

Jenis Sapi Potong (sumber: Pixabay)

5. Sapi Brangus

Sebelumnya telah dijelaskan karakter sapi Brahma dan sapi Angus. Kali ini adalah sapi Brangus yang merupakan hasil persilangan antara dua jenis tersebut. Sapi Brangus memiliki daya tahan tubuh yang bagus yang membuat mereka jarang terserang penyakit dan virus.

Mengenai bobotnya, sapi Brangus jantan memiliki rata-rata bobot sekitar 1800 pon atau 816 kg hingga 2200 pon yang setara dengan 997 kg. Sementara itu, sapi Brangus betina paling besar bisa mencapai 1200 pon atau 544 kg. Dengan persilangan tersebut, sapi Brangus memiliki kualitas daging yang baik pula.

6. Sapi Hereford

Rekor sapi Hereford terberat pernah dipelihara oleh Benjamin Tomkins, yaitu 3900 pon atau setara dengan 1,7 ton. Sapi ini memiliki ciri khas muka putihnya, yang berasal dari Inggris. Sapi Hereford sangat populer di seluruh penjuru dunia, khususnya untuk kalangan jenis sapi potong.

7. Sapi Braford

Banyak sapi potong yang dihasilkan dari perkawinan antar dua jenis sapi yang bertujuan untuk menciptakan kualitas baru yang mumpuni. Selain Brangus dan Beefalo, terdapat sapi potong campuran seperti Sapi Braford.

Dari namanya, sudah terlihat bahwa sapi ini adalah hasil dari perkawinan sapi Brahma dan Hereford. Sapi ini memiliki ciri tubuh yang kuat seperti kedua indukannya. Sapi Hereford pertama kali diternak di Amerika, tepatnya di daerah Florida yang terkenal memiliki iklim yang panas.

8. Sapi Madura

Jika dilihat dari namanya, bisa ditebak bahwa jenis sapi potong ini berasal dari Indonesia. Ya, sapi lokal ini berasal dari Madura. Sapi Madura adalah sapi potong hasil persilangan sapi Bali dengan sapi Zebu.

Karena merupakan sapi potong lokal, sapi Madura memiliki tubuh berukuran kecil. Selain sebagai sapi potong, sapi madura juga dimanfaatkan tenaganya untuk membantu petani dalam membajak sawah.

9. Sapi Bali

Seperti yang telah disebutkan di atas, terdapat jenis sapi potong lokal lain yaitu sapi Bali. Sapi Bali memiliki ciri khas yaitu kakinya yang berwarna putih. Sapi Bali berasal dari habitat liat sehingga jenis ini memiliki tenaga yang cukup besar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Unboxing Samsung Galaxy S10 Plus

Posted: 15 Mar 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung telah mengumumkan seri flagship terbarunya, Galaxy S10, di San Francisco, Amerika Serikat (AS) pada Rabu (20/20/2019). Seri ini hadir dalam tiga varian yaitu Galaxy S10 Plus, Galaxy S10, dan Galaxy S10e.

Galaxy S10 Plus menjadi versi paling premium di antara ketiganya. Perbedaannya antara lain terletak pada ukuran layar, spesifikasi kamera, dan baterai.

Dari serangkaian fitur Galaxy S10 Plus, salah satu yang menarik adalah teknologi kamera yang diklaim lebih cerdas untuk menghasilkan gambar dan video lebih apik.

Kami pun melakukan unboxing seri premium Galaxy S10 tersebut, kira-kira apa saja yang berada di dalam boksnya? Simak video di atas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wanita di Kawasan Perbelanjaan Mangga Dua Jadi Korban Percobaan Penyekapan

Posted: 15 Mar 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Percobaan pembiusan dan penyekapan terjadi di sebuah perbelanjaan di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara, pada Jumat 15 Maret 2019. Video mengenai upaya pembiusan tersebut sempat viral di media sosial.

Kapolres Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto membenarkan peristiwa tersebut.

"Kasus yang terjadi percobaan penyekapan oleh Sdri E kepada Sdri S. Motifnya adanya hubungan cinta segitiga antara E, S, dan suami S," kata Budhi Herdi Susianto di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Dia mengatakan, setelah dibawa ke kantor polisi, korban percobaan penyekapan tersebut tidak mau membuat laporan karena dorongan dari suaminya.

"Akhirnya kedua belah pihak membuat surat pernyataan," kata Budhi.

Sementara itu, dalam video yang beredar, seorang perempuan mengaku hendak dibius oleh seorang wanita lainnya saat hendak ke toilet yang berada di tempat perbelanjaan.

Perempuan yang diduga akan membius mengelak perbuatannya dan menuduh sebaliknya. Namun perempuan yang mengaku menjadi korban menyatakan tidak mungkin dialah yang membius karena memiliki toko di perbelanjaan tersebut.

Perempuan yang mengaku akan dibius kemudian meminta petugas keamanan untuk menangkap diduga pelaku. 

Sejumkah orang pun kemudian mendatangi kedua wanita yang tersebut. Perempuan yang mengaku jadi korban kemudian menunjukkkan tas hitam yang dibawa oleh diduga pelaku. Dia juga menunjukkan kain yang diduga untuk membiusnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembangunan Bendungan Sindangheula Banten Capai 98 Persen

Posted: 15 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan, pembangunan Bendungan Sindangheula di Kabupaten Serang, Banten saat ini dalam tahap penyelesaian akhir, dengan progres 98 persen.

Basuki mengatakan, Bendungan Sindangheula merupakan satu dari 49 bendungan baru yang dibangun Kementerian PUPR pada tahun 2015-2019, untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

"Ini sudah selesai, tinggal ada 20 hektare lagi di daerah genangan dan saat ini dalam tahap konsinyasi. Pak Gubernur sudah meminta ditutup (saluran pengelak) sehingga penggenangan bisa dilakukan dan semoga bisa segera dimanfaatkan untuk masyarakat," kata Basuki, di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Bendungan Sindangheula ini memiliki manfaat besar bagi masyarakat di Kabupaten Serang maupun Kota Serang, untuk irigasi di Daerah Irigasi Cibanten seluas 1.000 hektare, pengendalian banjir daerah hilir Kabupaten Serang dan Kota Serang dengan kapasitas tampung banjir 1,5 juta m3 dan akan menyuplai air baku 0,8 m3 per detik bagi Kabupaten dan Kota Serang.

Basuki pun meminta bendungan yang dibangun pada 2015 dengan anggaran sebesar Rp 432 miliar dari APBN tersebut, ke depan dapat dimanfaatkan sebagai kawasan wisata dan konservasi alam.

"Ini saya kira nanti akan jadi area wisata karena dekat sekali dengan Kota Serang. Mudah-mudahan dengan adanya tol dari Serang ke Panimbang pasti akan lebih mudah dijangkau," tutur Basuki.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau, Ciunjung, Cidurian Tris Raditian mengatakan, Bendungan Sindangheula memiliki kapasitas tampung total sebesar 9,25 juta meter kubik dan luas genangan 115 ha.

"Bendungan ini airnya dari Sungai Cibanten. Selain untuk air baku, untuk irigasi juga untuk potensi tenaga pembangkit listrik 0,4 megawatt," tandasnya.

Alasan Jokowi Bangun Banyak Bendungan

Pembangunan Bendungan Leuwikeris. Dok Kementerian PUPR

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui menjaga keseimbangan harga pangan sulit. Oleh karena itu, pemerintah berusaha menjaga keseimbangan harga pangan dengan sejumlah strategi seperti membangun bendungan.

"Memang paling sulit jaga keseimbangan harga, petani senang, masyarakat senang. Menaikkan harga, naikkan saja HPP kita, harga di pasar akan terus naik, masyarakat akan rasan beban," ujar Jokowi, Minggu (17/2/2019).

Oleh karena itu, menurut Jokowi, peran pemerintah untuk menjaga kestabilan harga pangan. "Harga stabil, stok ada, dua-duanya dapat untung," tutur dia. 

Jokowi menambahkan, untuk menjaga keseimbangan harga tersebut dengan sejumlah strategi jangka pendek, menengah hingga panjang. Salah satu strategi panjang dengan membangun bendungan. Dengan pembangunan bendungan tersebut dapat mengairi sawah.

"Kita juga memiliki strategi besar supaya rakyat bangun bendungan sebanyak-banyaknya. Kebutuhan air untuk pengairan sawah suplai 11 persen. 49 waduk, suplai 20 persen dari kebutuhan yang ada," tutur dia.

Jokowi mencontohkan, bendungan yang dibangun di Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengairi sawah sehingga meningkatkan produksi. Jokowi menuturkan, pihaknya sudah membangun tujuh bendungan di NTT. "Karena di NTT  tanpa air, tanpa air tidak bisa tanam," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Pastikan Fakhri Husaini Latih Timnas Indonesia U-18

Posted: 15 Mar 2019 09:35 PM PDT

Jakarta Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, memastikan Fakhri Husaini akan menangani Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019. Keputusan itu sudah ditetapkan melalui rapat Exco PSSI pada 19 Februari 2019.

Setelah memastikan Simon McMenemy, Indra Sjafri, dan Bima Sakti menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, Timnas Indonesia U-22, dan Timnas Indonesia U-15, masih tersisa satu kursi yang kosong. Timnas Indonesia U-18 belum diresmikan dan belum ada penunjukan pelatih yang akan menjadi arsitek tim.

Nama Fakhri Husaini sudah mencuat sejak awal 2019. Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, akhirnya memastikan legenda Timnas Indonesia itu akan kembali bekerja sama dengan PSSI dan menangani Timnas Indonesia U-18.

"Coach Fakhri Husaini sudah resmi bergabung untuk menangani Timnas Indonesia U-18. Keputusan tersebut sebenarnya sudah ditetapkan lewat rapat Exco PSSI pada 19 Februari lalu," ujar Ratu Tisha Destria saat berkunjung ke redaksi Bola.com, Jumat (15/3/2019).

Ratu Tisha mengindikasikan dalam waktu dekat pelatih yang membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018 itu akan diperkenalkan sebagai pelatih Timnas Indonesia U-18.

"Pekan depan akan kami umumkan secara resmi. Sementara untuk proses scouting pemain, akan dilakukan pada akhir Maret ini," ujar Sekjen PSSI itu.

Piala AFF U-18 2019 akan digelar di Vietnam, kemungkinan pada paruh kedua 2019. Dengan persiapan yang cukup panjang sejak Maret 2019 dan berbekal beberapa pemain yang diproyeksikan naik tingkat dari Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini memiliki persiapan yang cukup panjang sebelum tim asuhannya berkompetisi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil, Pasti Cukup untuk Sebulan

Posted: 15 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi seseorang yang sudah bekerja, hal yang menjadi perhatian utama adalah persoalan gaji. Bagaimana tidak, gaji merupakan salah satu sumber penghasilan yang bisa dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari untuk satu bulan ke depan. Kalau Anda masih sendiri, mungkin uang gaji kerja Anda sudah mencukupi kebutuhan selama sebulan.

Namun bagaimana kalau Anda yang sudah berkeluarga? Bagi Anda yang sudah bekerja dan menikah, tentunya harus lebih pandai lagi dalam mengatur keuangan. Prioritasnya bukan lagi untuk diri sendiri, melainkan sudah ada prioritas lain yang harus dan perlu mendapat bagian dari hasil gaji kerja Anda ini.

Untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, tentunya ada beberapa perhitungan atau cara mengatur keuangan khusus. Nah, di setiap rumah tangga, tentunya memiliki caranya masing-masing dalam mengatur keuangannya. Pentingnya cara mengatur keuangan ini guna untuk mencukupi kebutuhan hidup Anda dan keluarga.

Harus diakui, besar kecilnya gaji seringkali berpengaruh terhadap cara mengatur keuangan. Apalagi kalau Anda memiliki gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang naik turun. Untuk Anda yang memiliki gaji kecil, maka akan kesulitan untuk menyimpan uang untuk beberapa keperluan. Hal tersebut mungkin saja terjadi akibat kondisi rumah tangga yang tidak bisa mengatur keuangan gaji bulanan dengan baik untuk memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.

Saat sudah berumah tangga, memang harus bisa benar-benar mengatur keuangan untuk kebutuhan-kebutuhan yang tak terduga. Nah, untuk itulah Anda perlu tahu beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar rencana yang telah disusun dapat tercapai dan tanpa kekurangan. Berikut Liputan6.com,telah merangkum dari berbagai sumber, Jum'at (15/3/2019) beberapa cara mengatur keuangan di dalam rumah tangga dengan gaji kecil yang perlu Anda perhatikan. Berikut ulasannya.

Merencanakan Belanja Bulanan

Ilustrasi berbelanja

Terkadang Anda menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal belum tentu keinginan tersebut menjadi kebutuhan Anda. Apalagi yang sudah berumah tangga, tak hanya satu kepala saja yang harus dicukupi keinginannya. Nah, saat Anda memiliki gaji yang kecil, penting untuk membuat rencana belanja bulanan ini secara tertulis.

Jika Anda sudah merencanakan belanja bulanan ini, setidaknya sudah bisa meminimalisir Anda dari risiko menghabiskan uang untuk membeli sesuatu yang tidak perlu. Anda perlu membuat anggaran bulanan secara tertulis dengan membagi daftar pengeluaran menjadi dua, yaitu kebutuhan primer dan kebutuhan tersier.

Dimana kebutuhan primer itu seperti makan, biaya transportasi, tagihan listrik, air, cicilan rumah, dan lain sebagainya. Sedangkan kebutuhan tersier seperti anggaran untuk belanja baju, liburan, hingga anggaran untuk jalan-jalan dengan teman. Kalau Anda sudah membuat rencana anggaran belanja bulanan, selanjutnya Anda perlu membiasakannya.

Kurangi Makan di Luar

Ilustrasi memasak (iStockphoto)

Tak masalah jika Anda dan keluarga sesekali menikmati sajian makanan di luar. Namun kalau makan di luar menjadi sebuah kebiasaan rutin, maka tindakan itu bisa menghabiskan gaji Anda dengan sangat cepat.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa memasak makanan di rumah. Tidak dianjurkan untuk terlalu sering makan di warung makan atau restaurant. Anda bisa mencobanya sesekali, misalnya untuk sebuah perayaan khusus di keluarga Anda.

Trik Atur Keuangan

Kupon Promo (Foto ilustrasi: pixabay.com)

Menggunakan Kupon Promo

Hal ini sangat membantu sekali saat Anda memiliki gaji kecil. Dengan menggunakan kupon promo, Anda dapat memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan makanan dan barang kebutuhan lainnya. Hal ini tentunya dapat menghemat uang Anda.

Untuk mendapatkan kupon promo, Anda harus pandai-pandai dalam mencari supermarket yang sedang menawarkan promo. Anda bisa mencarinya di internet untuk menemukan kupon produk favorit.

Mencari Penghasilan Tambahan

Kalau Anda memiliki waktu luang, coba untuk mencari penghasilan tambahan dengan tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan seperti jualan online, menjadi penulis lepas, dan lain sebagainya. Hal ini sangat membantu dalam kondisi keuangan rumah tangga Anda, dengan menyimpan beberapa penghasilan tambahan tadi.

Kurangi Naik Kendaraan Pribadi

Untuk menghemat pengeluaran akan kebutuhan akomodasi, Anda bisa coba mulai mengurangi menggunakan kendaraan pribadi saat pergi ke kantor atau tempat yang bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Anda bisa naik sepeda atau berjalan kaki dibandingkan menggunakan mobil atau motor untuk pergi ke toko atau tempat bekerja.

Hal ini dapat menghemat uang untuk pembelian bahan bakar. Selain itu, Anda juga bisa mendapat manfaat tambahan, yaitu Anda menjadi lebih sehat berkat jalan kaki dan bersepeda. Selain kedua hal itu, Anda juga bisa menggunakan angkutan umum yang ada. Karena ongkos untuk menaiki angkutan umum tak semahal dibandingkan Anda menggunakan kendaraan pribadi. Ya, Anda bisa melakukannya sekaligus, misal pergi bekerja dengan jalan kaki dan pulang bekerja dengan angkutan umum. Dijamin hematnya.

Nah, setelah menerapkan beberapa cara mengatur keuangan di atas, Anda perlu disiplin dalam menjalankannya. Disiplin merupakan kunci untuk mengatur keuangan dengan gaji kecil. Kalau sudah berhasil disiplin menerapkan cara-cara tersebut, coba hitung berapa banyak penghematan dari masing-masing cara yang sudah Anda terapkan. Jangan lupa untuk menyimpan sisa uang dari hasil penghematan itu, tentunya untuk menambah tabungan Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baking Soda, Bahan Ampuh Membersihkan Noda pada Sneakers Putih

Posted: 15 Mar 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sneakers putih jadi salah satu item fesyen yang dimiliki banyak orang. Meski membelinya perlu pertimbangan karena perawatannya yang terbilang tak mudah.

Noda sedikit saja yang menempel, sneakers putih akan terlihat sangat kotor. Meski sudah beberapa kali digosok menggunakan sabun, belum tentu noda tersebut akan hilang.

Dilansir dari purewow, Kamis, 14 Maret 2019 ada cara yang mudah untuk membersihkan sneakers putih, yaitu dengan menggunakan baking soda.

Baking soda menjadi salah satu bahan dapur yang dikenal ampuh membersihkan noda membandel di sneakers putih.

Bahan:

- 1 sendok makan baking soda

1/2 sendok makan hidrogen peroksida

1/2 sendok makan air hangatsikat gigi

Cara:

- Campur semua bahan dalam wadah hingga menjadi pasta

- Gosok dengan lembut pasta tersebut pada noda atau perubahan warna di sneakers putih.

- Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas

Hidrogen peroksida merupakan pemutih nonklorin yang jika dipadukan dengan baking soda akan membentuk gelembung yang mengangkat noda. Itu sebabkan ia dapat digunakan untuk membersihkan kain atau sneakers putih. Penasaran ingin mencoba?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pacar Shock,  Lucinta Luna Banyak Diminta Foto Bareng

Posted: 15 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lucinta Luna kerap memamerkan kebersamaannya bersama dengan sang kekasih. Lewat video terbaru yang diunggah akun Hotman Paris Official ke Youtube, Lucinta berbagi cerita soal awal kedekatannya dengan pria asal Filipina itu. Gimana ya ceritanya?

Sejak awal dekat, Lucinta Luna ternyata tidak memperkenalkan diri jika dia adalah seorang publik figur. Namun hal itu justru sempat membuat pacarnya merasa kaget dan merasa minder.

"Awalnya shock sih dia, shocknya bukan woah gitu bukan, aku kan nggak bilang siapa aku, publik figur bukan, tiba-tiba dia kaget," tuturnya.

"Dia nanya, "Why so many people want to take picture with you?", dan dia minder tiba-tiba dia pergi kabur," sambung Lucinta Luna.

 

Reaksi

Lucinta Luna (Foto: YouTube)

Melihat reaksi 'Bii', panggilan sayang Lucinta pada pacarnya, ia kemudian mengatakan agar ia tak malu jika berada di situasi seperti itu. "Terus aku bilang, "Don't be shy", dia emang sifatnya pemalu," cerita Lucinta pada Hotman.

Tak memberikan komentar apapun, pria berusia 22 tahun itu hanya tersenyum saat dibicarakan oleh Hotman dan Lucinta.

Hubungan keduanya dimulai berkat seorang teman yang mengenalkan mereka. "Ketemunya dikenalin sama temen, yaudah lama-lama ngobrol, minta nomer handphone, dia minta, whatsappan, awalnya bercanda kamu jangan lupa ini ya sarapan, kamu nggak boleh kekurusan, perhatian banget, dari situlah aku mulai timbul benih-benih cinta," ucap Lucinta.

 

20% Cinta

Lucinta Luna [foto: instagram/lucintaluna]

Menurutnya sang kekasih sudah menaruh rasa padanya meski ia baru memberikan 20% rasa cinta pada pria berdarah campuran Filipina-Afghanistan itu.

"Baru mengasih 20% kan kita menjalani dulu. Keliatannya sih dia udah perhatian, peduli ya apa-apa kalo misalnya aku shopping aku dibelanjain," tegasnya.

 Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: Persipura Vs Kalteng Putra di Indosiar

Posted: 15 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Magelang - Persipura Jayapura akan menghadapi Kalteng Putra pada laga terakhir Grup C Piala Presiden 2019, Sabtu (16/3/2019) di Stadion Madya, Magelang.

Tim Mutiara Hitam -julukan Persipura- membidik kemenangan demi mengakhiri fase grup Piala Presiden 2019 dengan sempurna. Boaz Solossa dan kawan-kawan saat ini memuncaki klasemen dengan enam poin.

"Kami siap mengikuti seluruh instruksi pelatih untuk berikan hasil terbaik bagi Persipura," ujar gelandang Persipura, Titus Bonai.

Namun demikian, bukan hanya Persipura yang mengincar tiga poin di laga nanti. Kalteng Putra juga ingin meraih poin penuh lantaran masih punya peluang lolos.

"Akan menjadi laga yang ketat melawan Persipura, dan kami ingin membuat kejutan lagi," ujar Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira.

Live streaming Persipura Vs Kalteng Putra di Piala Presiden 2019 pukul 15:30 WIB akan disiarkan langsung Indosiar. Dapatkan link live streaming Persipura Vs Kalteng Putra di halaman berikutnya.

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Persipura Vs Kalteng Putra, silakan klik di sini..

Prediksi Susunan Pemain

Persipura Jayapura (4-3-3): Panggih Rio (kiper); Muhammad Tahir, Andre Ribeiro, Yohanis Tjoe, Valentino Telaubun (belakang); Imanuel Wanggai, I Nyonam Ansanay, Oh In Kyun (tengah); Boaz Solossa, Walacer de Andrade, Titus Bonai (depan)

Pelatih: Luciano Leandro

Kalteng Putra (4-3-3): Dimas Galih Pradana (K); OK John, Rafafe Bonfim, Wasyiat Hasbullah, Fajar Andika (B); I Gede Sukadana, Rizky Dwi, Antoni Putro (T); Diogo Campos, Patrich Wanggai, Yohanes Pahabol (D)

Pelatih: Gomes de Oliveira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Klub Indonesia Ucapkan Belasungkawa Atas Tragedi Penembakan di Selandia Baru

Posted: 15 Mar 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Publik dunia digegerkan aksi keji penembakan yang terjadi di Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, Selandia Baru, Jumat (16/3/2019). Ucapan duka mengalir dari seluruh dunia, tak terkecuali klub-klub Liga 1 di Indonesia.

Sebanyak 49 orang menjadi korban meninggal dalam aksi penembakan yang dilakukan beberapa orang yang dikabarkan anti-imigran dan anti-muslim itu. Dalam melancarkan aksinya, mereka mendatangi dua masjid dan menyiarkan aksi penembakan secara live di media sosial Facebook.

Para pelaku melepaskan tembakan secara membabi buta ke dalam masjid yang sedang menggelar Salat Jumat. Saat ini, aparat berwenang sudah menahan empat pelaku yang terdiri atas tiga pria dan satu wanita.

Seluruh dunia mengutuk aksi terosisme yang terjadi di Selandia Baru. Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengutuk keras tindakan yang tidak berperikemanusiaan itu. Menurut dia, tindakan ini tidak akan menggoyahkan nilai-nilai multikutural yang selama ini sudah ada di Selandia Baru.

"Kami dipilih (menjadi tempat sasaran terorisme) karena mewakili keragaman, kasih sayang, rumah bagi mereka yang berbagi nilai-nilai kami, perlindungan bagi mereka yang membutuhkannya dan nilai-nilai itu. Saya dapat meyakinkan Anda, tidak akan dan tidak dapat digoyahkan oleh serangan ini," tegas Jacinda Ardern seperti dikutip CNN.

Berikut ini berbagai ucapan belasungkawa dan dukungan untuk keluarga korban dari beberapa klub-klub Liga 1:

Ucapan Duka untuk Selandia Baru

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Undian Liga Champions, Final Barcelona vs Juventus Bisa Terjadi

Posted: 15 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengundian babak perempat final Liga Champions sudah dilakukan di Nyon Prancis pada Jumat (15/3/2019) kemarin. Barcelona dipertemukan dengan klub asal Inggris, Manchester United (MU).

Sedangkan yang lainnya: Liverpool vs Porto, Tottenham vs Manchester City dan Ajax vs Juventus. Berdasarkan polling marca, Sabtu (16/3/2019), ada empat tim yang difavoritkan lolos semifinal oleh pembaca.

Keempat tim tersebut yaitu Barcelona, Juventus, Manchester City dan Liverpool. Tanpa menganggang enteng tim lain, keempat tim ini lebih disukai untuk ke perempat final Liga Champions.

Meski begitu potensi kejutan tetap ada. Namun kalau berdasarkan skenario sekarang, kalau Barcelona lolos maka kemungkinan jumpa Liverpool atau Porto di semifinal.

Kalau Barcelona tembus final, maka duel besar melawan Juventus di final Liga Champions 1 Juni nanti bisa terjadi. Selain itu, Lionel Messi akan jumpa lagi dengan rival abadinya Cristiano Ronaldo.

 

 

Dikepung Inggris

Liga Champions Perempat Final (Bola.com/Adreanus Titus)

Skenario diatas merupakan skenario ideal yang diinginkan UEFA dan mungkin fans kedua tim. Namun faktanya perempat final Liga Champions milik klub-klub asal Liga Inggris.

Empat tim menguasai perempat final sehingga motivasi untuk tembus ke final begitu tinggi. City kembali menghadapi duel sengit melawan tim sesama Liga Inggris, Tottenham di perempat final.

Ini juga terjadi musim lalu saat City dihadapkan dengan Liverpool. Namun The Citizens kandas di perempat final setelah kalah agregat 1-5 dari Liverpool yang tampil luar biasa bersama Mohamed Salah.

Berdasarkan polling marca, City diunggul 84 persen lawan Tottenham yang hanya mendapatkan suara 16 persen. Ini artinya City bisa tembus semifinal dan kemungkinan jumpa Juventus.

Liverpool Favorit

Liverpool juga difavoritkan lolos ke semifinal. The Reds mendapatkan suara mutlak 87 persen atas Porto yang hanya mendapatkan 13 persen suara.

Kalau terjadi, Liverpool bakal jumpa dengan Barcelona atau MU di semifinal. Apakah skenario Barcelona vs Juventus akan terjadi di final? atau bakal terjadi duel antar sesama klub Liga Inggris?

Berdasarkan polling marca, Barcelona diunggulkan 74 persen lolos semifinal lawan MU (26 persen). Sedangkan Juventus unggul 71 persen atas Ajax (29 persen).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gowes to Sunset Batam, Jangan Lupa Jelajahi Destinasi Ini

Posted: 15 Mar 2019 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 300 peserta sudah mendaftar dalam event Bike to Sunset yang diprakarsai Montigo Resorts. Acara yang digelar pada 17 Maret 2019 ini siap digelar di Batam. Anda dan komunitas sudah daftar? Sudah siap mengikuti acara spektakuler ini?

Jadi, Bike to Sunset akan dimulai sekitar pukul 15.30 WIB. Jika datang sejak pagi, Anda bisa membuang penat dengan mengunjungi beberapa destinasi di sekitar Montigo Resorts. Antara lain ke Kebun Raya Batam (KRB) atau ke Kampung Terih besutan GenPI Batam yang menyabet penghargaan pada Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018.

Lebih dekat dengan KRB, destinasi ini diresmikan pada 22 Desember 2018. KRB menjadi atraksi baru pariwisata di Batam dan Kepulauan Riau (Kepri). Lokasinya tidak jauh dari pelabuhan di Nongsa, Batam. Keberadaan KRB juga sebagai upaya untuk melindungi keanekaragaman hayati. Terutama berbagai jenis tumbuhan di pulau-pulau kecil Indonesia.

"KRB berada di kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau. Sangat dekat dengan resort-resort dan pelabuhan sangat ideal dikunjungi wisatawan. Silakan datang ke Kebun Raya Batam, Anda akan senang singgah di sini. Anda juga bisa mendapati pohon nibung sebagai maskot KRB," kata Kadis Pariwisata Kepri, Boeralimar.

Sementara untuk Kampung Terih, dulu daerah ini hanyalah sebuah kawasan mangrove yang tidak menghasilkan apa-apa bagi masyarakat. Kini daerah tersebut berubah 180 derajat. Berbagai kreasi acara keren dihadirkan oleh GenPI disana.

Tempat ini pun disulap dengan berbagai spot yang instagramable. Segala fasilitas yang Kids Zaman Now buat photo-photo tersedia di sini. Dan asal tahu saja, di Kampung Terih ini, ada pelantar Mangrove yang cukup panjang. Pastinya bisa menikmati indahnya laut Batam dari pelantar ini.

Kembali ke event Bike to Sunset, Marketing Communication Manager Montigo Resorts Lusia Rike mengatakan, kegiatan ini merupakan event bersepeda sembari menikmati matahari terbenam.

Kegiatan ini menempuh rute sepanjang 15 km melalui jalur-jalur unik. Antara lain Sand Park dengan pemandangan Laut Cina Selatan, Teluk Mata Ikan, Jembatan Hang Lekiu, dan Nongsa Ferry Terminal.

"Targetnya 500 peserta, termasuk karyawan Montigo Resorts. Ada juga komunitas bersepeda lokal dan pecinta sepeda internasional. Selama acara, akan ada penawaran paket menginap dua hari satu malam khusus untuk peserta. Mulai dari Rp2,6 juta sudah termasuk voucher F&B senilai Rp500 ribu" jelasnya.

Menurut Rike, Bike to Sunset sejalan dengan komitmen Montigo Resorts untuk multi-generasi serta mendorong gaya hidup aktif dan sehat bagi para tamu dan masyarakat pada umumnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari komunitas global.

Tujuannya antara lain untuk meningkatkan gaya hidup sehat dengan pola ramah lingkungan. Aktivitas bersepeda lebih disarankan. Karena selain sehat, juga tidak menimbulkan polusi apa pun.

"Event ini baru akan dimulai, sehingga belum sebesar event lain yang sejenis. Namun begitu, kami berharap kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat, khususnya pecinta sepeda," ucapnya, didampingi Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati.

Usai bersepeda, peserta akan dihibur dengan Sunset Party bersama live music dari Acoustic Band dan Residen DJ di Sand Park. Di akhir acara, peserta berkesempatan memenangkan voucher lucky draw senilai lebih dari Rp100 juta berupa voucher menginap, sepeda, dan hadiah lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, sport tourism menjadi salah satu potensi wisata yang dikembangkan Kemenpar. Tak jauh beda dengan jenis wisata lain, sport tourism diyakini mampu menarik banyak pengunjung. Bahkan mendatangkan wisatawan mancanegara.

"Sport tourism sudah dikembangkan beberapa daerah di Indonesia. Sebagian diantaranya masuk Calender of Event (CoE) Kemenpar 2019. Kita berharap Bike to Sunset juga semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan mancanegara," ucapnya.

 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 SUV Keren dengan Dana Rp200 Jutaan

Posted: 15 Mar 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasar SUV di Indonesia semakin ramai berkat kehadiran pemain baru. Sebut DFSK Glory 580, Wuling Almaz, dan Glory 560 yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Harganya pun cukup beragam, mulai dari Rp200-300 jutaan. Namun, jika Anda belum ingin mencoba SUV Cina, Anda dapat melirik SUV bekas dengan range harga Rp200 jutaan.

Deretan SUV yang Liputan6.com hadirkan berusia maksimal 5 tahun, yaitu lansiran 2014 yang diiklankan di kawasan DKI Jakarta. Alasannya? Agar mobil yang kami pilih tak terlalu tua, dan harganya lebih kompetitif. Tentu Anda harus menyiapkan dana ekstra untuk membayar pajak 5 tahun dan sekaligus mengurus balik nama dokumen. Dan jangan lupa untuk menyiapkan dana ekstra untuk membawa mobil tersebut ke bengkel terpercaya.

Berikut 6 SUV Rp200 jutaan yang dikutip dari berbagai situs jual beli mobil bekas:

1. VW Tiguan 1.4 TSI 2014 Rp215 Juta

Dengan dana Rp215 juta, Anda sudah bisa mendapatkan SUV Jerman, yaitu Volkswagen Tiguan. Mobil ini mengadopsi mesin berkapasitas 1,4 liter berteknologi TSi. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis. Menurut sang pengiklan, mobil ini baru menempuh jarak 46.000 km saja.

2. Mazda CX-5 2014 GT Rp220 Juta

Mazda CX-5 merupakan SUV asal Jepang yang menawarkan rasa berkendara khas. Desain eksterior dan interiornya memiliki ciri khasnya tersendiri. Mazda mengklaim desain posisi berkendaranya difokuskan untuk kesenangan berkendara. Teknologi i-Stop diklaim memberikan efisiensi bahan bakar terbaik. Harganya pun relatif terjangkau, yaitu Rp220 juta.

3. Nissan X-TRAIL 2.5 2014 Rp240 Juta

SUV asal Jepang ini diklaim sebagai mobil pertama yang mengadopsi kamera 360 derajat. Fitur ini akan mempermudah Anda parkir di tempat yang sempit saat tak ada kehadiran tukang parkir. Kapasitas mesinnya terbilang menggiurkan, yaitu 2,5 liter. X-trail yang satu ini sudah mencatatkan jarak tempuh sekitar 58 ribuan km.

 

Selanjutnya

4. Honda CR-V 2014 Prestige 2.4 Rp248 Juta

Anda bisa mendapatkan SUV bergengsi dari Honda dengan dana Rp248 juta. Mesin 2,4 liter yang diadopsi siap menghantarkan Anda berkendara dengan tenaga memadai. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis.

Harganya terbilang cukup terjangkau, hanya setengahnya dari CR-V Prestige 1,5 turbo yang kini dibanderol Rp513 juta. Mobil yang satu ini baru menempuh jarak sekitar 30 ribuan km.

5. Mitsubishi Pajero Sport Exceed 2.5 Rp285 Juta

Tak lengkap rasanya jika membahas SUV tanpa kehadiran Mitsubishi Pajero. SUV andalan pabrikan tiga berlian tersebut mengandalkan mesin diesel berkapasitas 2,5 liter. Harganya yang lebih murah (Rp285 juta) dibanding Wuling Almaz (Rp318,3 juta) baru pun patut dipertimbangkan. 

6. Toyota Fortuner VNT TRD Rp295 Juta

Rival abadi Mitsubishi Pajero sudah pasti masuk ke dalam daftar SUV pilihan. Toyota Fortuner mengadopsi mesin diesel 2,5 liter yang membuatnya pantas menjadi pesaing Mitsubishi Pajero. Harganya pun tak menyentuh angka Rp 300 juta, yaitu Rp295 juta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Puncak Millennial Road Safety, Komunitas Motor Konvoi Bareng di Jakarta

Posted: 15 Mar 2019 09:06 PM PDT

Konvoi komunitas motor dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan ini bentuk gerakan moral atas kepedulian dan tanggung jawab bersama mencegah banyaknya korban akibat kecelakaan lalu lintas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Konvoi komunitas motor dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan ini bentuk gerakan moral atas kepedulian dan tanggung jawab bersama mencegah banyaknya korban akibat kecelakaan lalu lintas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Anggota polisi dengan motor gede bersiap mengikuti kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/3). Ribuan komunitas motor touring bersama sebagai puncak Millennial Road Safety Festival. (merdeka.com/Imam Buhori)

Anggota polisi dengan motor gede bersiap mengikuti kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/3). Ribuan komunitas motor touring bersama sebagai puncak Millennial Road Safety Festival. (merdeka.com/Imam Buhori)

Komunitas motor melakukan konvoi dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan itu bentuk kampanye keselamatan berlalu lintas pada anak-anak  muda dengan cara mengemudi tertib. (merdeka.com/Imam Buhori)

Komunitas motor melakukan konvoi dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan itu bentuk kampanye keselamatan berlalu lintas pada anak-anak muda dengan cara mengemudi tertib. (merdeka.com/Imam Buhori)

Komunitas motor melakukan konvoi dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan itu bentuk kampanye keselamatan berlalu lintas pada anak-anak  muda dengan cara mengemudi tertib. (merdeka.com/Imam Buhori)

Komunitas motor melakukan konvoi dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan itu bentuk kampanye keselamatan berlalu lintas pada anak-anak muda dengan cara mengemudi tertib. (merdeka.com/Imam Buhori)

Konvoi komunitas motor dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan ini bentuk gerakan moral atas kepedulian dan tanggung jawab bersama mencegah banyaknya korban akibat kecelakaan lalu lintas. (merdeka.com/Imam Buhori)

Konvoi komunitas motor dalam kegiatan Millennial Road Safety Festival di Jakarta, Sabtu (16/3). Kegiatan ini bentuk gerakan moral atas kepedulian dan tanggung jawab bersama mencegah banyaknya korban akibat kecelakaan lalu lintas. (merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntut Penembakan di Selandia Baru, Muslim Australia Diminta Waspada

Posted: 15 Mar 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Christchurch - Para ulama Islam di Australia mengutuk serangan penembakan di masjid Selandia Baru, di dua masjid Christchurch sebagai "aksi teror" yang terinspirasi oleh paham Islamofobia.

Pihak berwenang Selandia Baru yakin bahwa 49 orang tewas setelah penembakan massal di dua masjid Christchurch, yang disebut Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, sebagai "salah satu hari terkelam di Selandia Baru".

Federasi Dewan Islam Australia (AFIC) mengutuk serangan penembakan di masjid Selandia Baru itu dan mendesak pemerintah di Australia di semua level untuk memberi perhatian ekstra pada sentimen anti-Muslim dan ekstrimisme.

Presiden AFIC, Rateb Jneid, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para korban dan keluarga mereka berada dalam doanya.

"Dengan kesedihan yang mendalam kita mengetahui serangan teroris hari ini yang dilakukan terhadap jamaah yang tidak bersalah di sebuah Masjid di Christchurch, Selandia Baru," kata Dr Jneid seperti dikutip dari ABC Indonesia, Sabtu (16/3/2019).

"Kami menyampaikan doa dan simpati kami kepada para korban dan penyintas, keluarga mereka dan masyarakat Selandia Baru selama masa yang mengerikan ini," katanya.

"Tindakan teror terhadap para jamaah yang tidak bersalah ini adalah kekejaman dan kami berduka bersama para korban dan keluarga mereka."

Peringatan Akan Adanya Suasana Kebencian

Senator perempuan Muslim pertama Australia, Mehreen Faruqi, mengutuk sentimen anti-Islam di Australia, terutama "politisi sayap kanan seperti Pauline Hanson dan Fraser Anning".

"Ada darah di tangan para politisi yang menghasut kebencian. Bagi saya, ada hubungan yang jelas antara politik kebencian mereka dan kekerasan yang memalukan dan tidak masuk akal di Christchurch ini," unggahnya di Twitter.

"Muslim telah menjadi sasaran selama sholat Jum'at, ini bukan peristiwa terisolasi dengan penyebab misterius. Ini bukan peristiwa acak. Ini adalah konsekuensi dari kebencian Islamofobia dan rasis yang telah dinormalisasi dan dilegitimasi oleh beberapa politisi dan media. "

"Menghadiri salat Jumat adalah ritual keluarga bagi jutaan umat Islam. Hati saya hancur untuk semua orang yang kehilangan keluarga dan teman-teman hari ini, dan Muslim di seluruh dunia yang khawatir akan keselamatan mereka setiap hari."

Dr Jneid mengatakan dalam pernyataannya bahwa umat Islam di Australia perlu mewaspadai keselamatan mereka, terutama di sekitar masjid.

"Kami mendorong semua Masjid dan tempat ibadah di Australia untuk lebih waspada dan bagi anggota komunitas Muslim untuk secara khusus memperhatikan keselamatan mereka dalam beberapa hari mendatang," katanya.

Ia juga mendesak pemerintah Australia untuk mewaspadai "konsekuensi mengerikan" yang bisa timbul dari ujaran kebencian.

"Pembantaian hari ini adalah produk dari Islamofobia yang semakin meningkat dan marjinalisasi umat Islam dan merupakan pengingat bagi semua pihak, termasuk para pemimpin politik dan komentator media, tentang konsekuensi mengerikan yang bisa ditimbulkan oleh suasana kebencian dan perpecahan," katanya.

"Tidak ada negara atau komunitas yang kebal terhadap kekejaman seperti itu."

"Kami mendesak pemerintah di Australia, baik di tingkat Federal dan Negara Bagian, untuk memberikan perhatian ekstra pada munculnya sentimen anti-Muslim dan ekstrimisme dan memastikan bahwa keprihatinan komunitas Muslim didengar dan ditanggapi dengan tulus."

Saksikan juga video terkait penembakan di masjid Selandia Baru berikut ini:

Jumlah Korban

Polisi dan staf ambulans membantu seorang lelaki yang terluka dalam insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Tiga korban penembakan adalah perempuan dewasa dan seorang lagi adalah gadis cilik. (AP Photo/Mark Baker)

Penembakan di masjid Selandia Baru tercatat menelan korban tewas hingga 49 orang dan mengakibatkan puluhan lainnya luka-luka.

Pada penembakan hari Jumat itu, 41 di antaranya meninggal di Masjid Al-Noor, 7 orang di Masjid Linwood, dan seorang lagi meninggal di Christchurch Public Hospital.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern kemudian mengumumkan kewarganegaraan sejumlah korban penembakan di Selandia Baru. Ia juga mengatakan perwakilan konsuler disediakan untuk setiap negara asing yang terdampak dalam serangan terhadap dua masjid Christchurch.

"Pada tahap ini kami mendapati bahwa mereka yang terdampak termasuk Pakistan, Turki, Arab Saudi, Bangladesh, Indonesia dan Malaysia," kata Ardern pada konferensi pers yang dikutip dari CNN, Sabtu (16/3/2019).

Selain itu, Kementerian Luar Negeri Yordania mengatakan dua warganya tewas dan lima lainnya cedera dalam serangan penembakan di Selandia Baru itu. Sejumlah warga Palestina juga dilaporkan hilang, menurut duta besar Palestina untuk Selandia Baru.

Sebelumnya, dalam pidato singkatnya menanggapi penembakan di masjid di Christchurch dan Linwood, PM Jacinda Ardern mengatakan insiden itu adalah "salah satu hari paling kelam di Selandia Baru" dan bahwa para korban telah memilih untuk menjadikan Selandia Baru rumah mereka. "Mereka adalah kita," katanya.

Sejauh ini polisi Selandia Baru memperingatkan penduduk Kota Christchurch untuk tetap di dalam rumah dan bangunan, serta diminta segera menelepon layanan darurat 111 jika melihat perilaku dan hal mencurigakan di sekitar mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Aksi Penembakan di Masjid Selandia Baru Jadi Sorotan

Posted: 15 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artikel tentang aksi penembakan brutal di masjid yang berada di wilayah Christchurch, Selandia Baru, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com.

Tak cuma itu, dua artikel lain yang banyak dibaca, termasuk reaksi PewDiePie saat namanya disebut oleh pelaku penembakan Selendia Baru, dan aksi pelaku live streaming di Facebook saat melakukan aksi penembakan.

Lebih lengkap, simak tiga berita terpopuler tersebut berikut ini.

1. Warganet Kutuk Pelaku Penembakan di Masjid Selandia Baru

Polisi dan staf ambulans membantu seorang lelaki yang terluka dalam insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Tiga korban penembakan adalah perempuan dewasa dan seorang lagi adalah gadis cilik. (AP Photo/Mark Baker)

Aksi penembakan terhadap sebuah masjid di wilayah Christcurch, Selandia Baru saat ibadah salat dikecam oleh warganet.

Aksi tersebut sempat memakan korban warga negara Indonesia yang melakukan ibadah salat Jumat.

Warganet pun mengutuk keras terhadap aksi teror tersebut. Hal ini disampaikan lewat linimasa Twitter dan media sosial lainnya.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Namanya Disebut Pelaku Penembakan Selandia Baru, Ini Reaksi PewDiePie

Felix 'PewDiePie' Kjellberg

Pelaku penembakan masjid di Christchurch, Selandia Baru, sempat menyebut nama YouTuber gaming PewDiePie dalam video livestreaming yang ditayangkan sesaat sebelum ia melakukan aksi mengerikan tersebut.

Seperti dilansir laman Express pada Jumat (15/3/2019), sebelum pelaku bernama Brenton Tarrant ini masuk ke dalam masjid Al Noor dan menembak para korban, ia sempat mengatakan kepada penontonnya untuk men-subscribe ke PewDiePie.

Selengkapnya baca di sini

3. Pelaku Penembakan Masjid di Selandia Baru Lakukan Live Streaming

Ilustrasi bendera Selandia Baru (AFP)

Penembakan brutal dilaporkan baru saja terjadi di masjid yang berada di wilayah Christchurch, Selandia Baru. Belakangan, pelaku yang diketahui bernama Brenton Tarrant itu menyiarkan langsung aksi brutalnya itu.

Dikutip dari The Washington Times, Jumat (15/3/2019), Tarrant ternyata diketahui melakukan live streaming aksinya tersebut melalui Facebook.

Dari tangkapan layar yang beredar, pria tersebut menggunakan nama akun Brenton Tarrant 9. Dia mulai melakukan siaran langsung sejak berada di mobil sebelum melakukan serangan.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Ribu Keluarga di Lhokseumawe Dapat Sambungan Jaringan Gas

Posted: 15 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan jaringan gas sebanyak 2 ribu sambungan rumah tangga (SR) di Kota Lhokseumawe, Aceh. Sebelumnya pada 2014 bantuan juga telah diberikan kepada 3.997 rumah tangga.

Direktur Pembinaan Usaha Hulu Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Mustafid Gunawan mengatakan, pemerintah secara serius terus mengembangkan pemasangan jaringan gas di wilayah Indonesia. Program ini menjadi bukti bahwa pemerintah sangat memperhatikan masyarakat Aceh, kota Lhokseumawe pada khususnya.

"Tujuan dari pemberian bantuan jaringan gas untuk rumah tangga ini adalah untuk memberikan kemudahan akses mendapat energi dan memberikan energi yang murah untuk masyarakat dengan menggunakan gas maka pengeluaran masyarakat akan berkurang. Tujuan selanjutnya adalah membantu pemerintah untuk mengurangi subsidi LPG," kata Mustafid, di Jakarta, Sabtu (16/3/2019).

Terwujudnya Keberhasilan jaringan gas rumah tangga untuk 2 ribu umah tangga di Kota Lhokseumawe ini merupakan keberhasilan bersama antar-instansi, Pemerintah Pusat, DPR RI dan Daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Untuk jaringan gas yang dibangun tahun 2018 di Kecamatan Muara Dua, tersebar di Empat gampong, Gampong Panggoi, Meunasah Masjid, Keude Cunda dan Gampong Uteun Kot," ujarnya.

Walikota Lhokseumawe Suaidi Yahya, jaringan gas untuk rumah tangga ini lanjut Suaidi merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN), dalam mendukung diversifikasi energi dengan pemanfatan gas bumi untuk sektor rumah tangga. Dia pun meminta masyarakat yang mendapat bantuan sambungan jaringan gas rumah tangga, dapat menjaga dan merawat fasilitas infrastruktur yang ada.

"Kepada masyarakat yang mendapat bantuan diiharapkan dapat menjaga dan merawat jaringan gas rumah tangga yang telah dibangun tersebut, supaya manfaat gas bumi sebagai bahan bakar aman, nyaman, murah dan ramah lingkungan dapat terwujud dengan baik di Kota Lhokseumawe," tandasnya.

Pemerintah Bangun 78.126 Jaringan Gas Rumah Tangga di 18 Kabupaten dan Kota

Jaringan gas bumi di Probolinggo, Jawa Timur (Foto:Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Kementerian ESDM akan membangun jaringan gas bumi sebanyak 78.126 sambungan rumah tangga (SR) di 18 kabupaten kota, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2019.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Djoko Siswanto mengatakan, pembangunan jaringan gas dilakukan untuk mendukung program diversifikasi energi, dari Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

"Pemerintah telah melakukan berbagai upaya, antara lain dengan melakukan konversi minyak tanah ke LPG, diversifikasi BBM ke BBG untuk transportasi, dan pembangunan infrastruktur jaringan gas bumi untuk rumah tangga melalui pipa (jargas)," kata Djoko, saat menandatangani nota kesepahaman pembangunan jargas dengan 18 Kabupaten Kota, di Jakarta, pada Rabu 13 Maret 2019. 

Djoko menuturkan, pada 2019, Kementerian ESDM akan membangun jaringan gas bumi untuk rumah tangga menggunakan anggaran APBN di 18 lokasi dengan total sebanyak 78.216 SR. 

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Migastelah membangun jaringan gas bumi dengan Anggaran APBN sejak 2009, dengan capaian total sambungan rumah hingga akhir 2018 sebanyak 325.852 SR di 16 provinsi, 40  kabupaten dan kota di Indonesia.

Adapun rincian kabupaten, kota sebagai berikut: 

Kabupaten Aceh Utara 5 ribu SR, Kota Dumai 4.300 SR‎,Kota Jambi 2 ribu SR, Kota Palembang 6 ribu SR  Depok 6.230 SR,  Kota Bekasi 6.720 SR,

Kabupaten Karawang 2.681 SR,‎  Kabupaten Purwakarta 3.765 SR, Kabupaten Cirebon 6.520 SR. Kabupaten Bojonegoro 4 ribu SR, Kabupaten Lamongan 4 ribu SR,‎ Kabupaten Mojokerto 4 ribu SR, Kota Mojokerto 4 ribu SR, Kabupaten Pasuruan 4 ribu SR.

Kabupaten Probolinggo 4 ribu‎, Kabupaten Wajo 2 ribu SR, Kabupaten Kutai Kertanegara 4 ribu SR dan Kabupaten Banggai 5 ribu SR.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilarang Main Layang-Layang Selama Masa Pilpres, Mengapa?

Posted: 15 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sidoarjo - PT PLN (Persero) Unit Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) menggelar apel pasukan siaga pengamanan suplai kelistrikan pada saat Pemilu, Pilpres, dan Pileg 2019, pada 74 lokasi yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim dan 9 kabupaten/kota di Bali.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Transmisi (UIT) Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB), Suroso menuturkan bahwa gelar apel pasukan ini adalah bagian dari seluruh kesiapan dalam rangka siaga Pemilu Pilres dan Pileg 2019.

"Jadi kita dalam siaga ini akan melibatkan kira-kira hampir 50 persen dari seluruh personel kita. Ada sekitar 500 personel akan kita kerahkan untuk pengamanan pasokan listrik untuk wilayah Jawa Timur dan Bali, karena memang ada dua provinsi di wilayah kita meliputi Jawa Timur dan Bali," tuturnya usai gelar apel pasukan di kantor PT PLN UIT JBTB di Jalan Suningrat No 45, Ketegan, Taman, Sidoarjo, Kamis, 14 Maret 2019.

Suroso mengatakan, selain kesiapan dari sisi personel, PLN UIT JBTB juga menyiapkan dari sisi peralatan kerja terutama peralatan penunjang untuk mengatasi apabila ada gangguan atau kendala.

"Peralatannya ada banyak seperti peralatan Pemeliharaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB). Jadi teman-teman sudah siap dalam pemeliharaan listrik meskipun dalam keadaan bertegangan. Jadi misalkan ada gangguan layang-layang, teman-teman PDKB itu siap mengamankan," katanya.

Suroso menambahkan agar masyarakat tidak bermain layang-layang di sekitaran jaringan listrik itu karena sangat membahayakan. Selain itu, ada potensi pemadaman akibat layang-layang yang tersangkut jaringan listrik.

"Tidak hanya layang-layang, balon udara juga bisa membahayakan bagi yang bermain maupun untuk terjadinya pemadaman," ucapnya.

Suroso menyampaikan, waktu siaga pengaman Pemilu Pilres dan Pileg 2019 ini sudah ditetapkan oleh kantor pusat, mulai tanggal 17 Maret sampai 17 Mei. "Jadi dua bulan, selama dua bulan ini teman-teman harus konsentrasi siaga untuk pasokan listrik," ujarnya.

Suroso menegaskan, selain persiapan personel dan peralatan, pihaknya juga mengamankan sejumlah objek vital yaitu JAIS, gitet, dan kabel laut yang menghubungkan Jawa ke Bali.

"Kabel laut ini menjadi salah satu objek vital yang memang harus diamankan karena kalau kabel laut itu sampai terganggu maka kira-kira separuh pasokan listrik ke Bali itu akan padam," ucap Suroso.

 

Tugas Pengamanan Pemilu

PT PLN (Persero) Unit Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (JBTB) menggelar apel pasukan siaga. (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Sebelumnya, Eksekutif Vice Presiden Organisasi Regional Jawa Bagian Timur Bali dan Nusa Tenggara (JBTN), Ari Wardhana menambahkan, pada awal tahun 2019 ini merupakan waktu yang tepat untuk meresmikan UPT Gresik.

"Saya pikir pembagian dari unit yang dulunya dikelola oleh UPT Surabaya kini dibagi ke Gresik, diawal tahun ini pasti akan lebih bagus karena mengawali tahun. Sehingga performance dari pada suatu unit itu akan bisa dilihat karena ini sudah dibagi pada saat awal tahun," tutur Ari usai meresmikan trafo 60 MVA dan kantor Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Gresik di Jalan Mayjen Sungkono Nomer 4, Segoro Madu, Kebomas, Gresik, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Ari mengatakan, tugas PLN pada tahun 2019 adalah pengamanan pemilu 2019. Menurutnya, ini sangat penting karena PLN memegang peranan penting, mulai dari acara kampanye, kemudian pemungutan suara, hingga penghitungan suara itu.

"Nanti kita akan tetapkan tanggal siagaan pemilu supaya kawan-kawan PLN harus benar-benar menyiapkan supaya bisa menyukseskan pemilu," kata Ari.

Ari menyampaikan, siaga pemilu ini akan dikhususkan untuk tempat-tempat yang memang ada acara penting selama kegiatan pemilu. "Antisipasi misalnya, contoh pada saat pemungutan suara artinya tempat-tempat TPS itu kita usahakan tidak ada jadwal pemadaman," ucap Ari.

Selain itu, lanjut Ari, selama pemungutan suara, diusahakan tidak ada pemeliharaan jaringan listrik supaya tidak terjadi pemadaman. "Kalau misalnya diperlukan tempat-tempat tertentu untuk suplai listriknya bisa andal, maka kita bisa menambahkan cadangan genset dan sebagainya," ujar Ari.

Ari menegaskan, sebetulnya pada saat Pilres kebutuhan listrik mungkin tidak terlalu besar, dan hampir sama dengan kondisi normal seperti saat ini. Namun, yang terpenting adalah bukan pada kapasitasnya, melainkan di sisi keandalannya.

"Jadi suplai listriknya tetap lancar, jangan sampai pada saat penghitungan suara yang membutuhkan waktu hingga malam hari, tiba-tiba listriknya padam," ujar Ari.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia, Menanti Derby Milan

Posted: 15 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Liga Italia akan kembali bergulir, Sabtu (16/3/2019). Serie A pekan ini akan dimulai dari duel tim papan tengah, Cagliari vs Fiorentina. Dilanjutkan dengan Sampdoria yang akan bertandang ke markas Sassuolo.

Sementara Juventus yang baru saja tampil apik di ajang Liga Champions akan bertandang ke Stadio Luigi Ferraris, markas tim peringkat 13, Genoa.

Tuan rumah baru mendapat satu kemenangan dalam lima laga. Sementara tiga pertandingan berakhir imbang, ditambah satu kekalahan.

Di laga lain, pesaing terdekat Juventus, Napoli, akan memainkan laga kandang melawan Udinese. Skuat besutan Carlo Ancelotti tentu akan berusaha meraup poin penuh dikandang guna memangkas jarak dengan Juventus.

Sementara headline jadwal Liga Italia pekan ke-28 akan terhampar saat digelarnya Derby Milan. Dijadwalkan, AC Milan akan menjamu rival sekota mereka, Inter Milan, Minggu (18/3/2019). Posisi tiga klasemen menjadi pertaruhan kedua tim kali ini.

Inter Milan saat ini tergusur dari posisi krtiga sejak dua pekan lalu. Sementara AC Milan menjadi penghuni baru tiga tim teratas klasemen Liga Italia.

Berikut jadwal Liga Italia pekan ke-28 selengkapnya:

 

 

Jadwal

AS Roma kalah 0-3 dari Lazio di laga Derby della Capitale Serie A, Sabtu (2/3). (AFP/Tiziana FABI)

Sabtu, 16 Maret 2019

21.00 WIB Sassuolo Vs Fiorentina

Minggu, 17 Maret 2019

00.00 WIB SPAL Vs Roma

02.30 WIB Torino Vs Bologna

18.30 WIB Genoa Vs Juventus

21.00 WIB Atalanta Vs Chievo

21.00 WIB Empoli Vs Frosinone

21.00 WIB Lazio Vs Parma

Jadwal Lain

Ekspresi pemain Inter Milan usai alami kekalahan pada leg kedua, babak 16 besar Liga Europa yang berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza, Jumat (15/3). Inter Milan kalah 0-1 kontra Eintracht Frankfurt. (AFP/Miguel Medina)

Senin, 18 Maret 2019

00.00 WIB Napoli Vs Udinese

02.30 WIB AC Milan Vs Inter Milan

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Slank Bikin Lagu #BarengJokowi

Posted: 15 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Grup band Slank buka-bukaan soal dukungannya terhadap salah satu pasangan calon (Paslon) presiden dan wakil presiden di pemilu 2019.  Ditemui di Potlot, Jumat (15/4/2019), Kaka, Bimbim, Ivan, Ridho dan Abdee secara tegas mendukung Jokowi untuk dua periode bersama Ma'ruf Amin. 

Yang menarik dalam memberikan dukungan, Slank membuat lagu berjudul #BarengJokowi bersama 100 seniman yang sama-sama mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.  Tak hanya itu, Slank juga telah membuat Video klip lagu tersebut. 

"Judul lagu dan video klip #BarengJokowi ini adalah ajakan moral kita mendukung lewat cara kita yaitu musik dan lirik. Ajakan moral untuk melupakan keributan," kata Bimbim Slank di Potlot, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Bimbim menjelaskan awalnya hanya 33 artis yang terlibat. Namun perlahan mulai bertambah dan akhirnya membludak mencapai ratusan. Untuk pembuatan lagu dan video klip, Slank hanya butuh waktu singkat saja. 

"Saat rekaman aja, artis dan seniman yang rekaman ini kami todong, 'ayo ada kontak siapa? Ajak aja yuk' gitu. Tapi memang sebelumnya tuh kami sudah menyebar ke semua musisi, ternyata responnya bagus dan banyak yang mau ikut," ucap Bimbim Slank.

 

Dukungan

Shoppe nongkrong bareng Slank (Deki Prayoga/Fimela.com)

Kaka vokalis Slank menuturkan, lagu tersebut tercipta untuk menyatukan frekwensi dalam memberikan dukungan kepada Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. 

"Jadi hari ini selebrasi kebersamaan kita dengan Jokowi. Karena dengan itu kita pengin ngeluarin sebuah lagu. Jadilah sebuah single ini. Mudah-mudahan kita bisa menjaga kewarasan dan api ini tetap menyala, agar tetap semangat menyambut pesta demokrasi ini," ungkap Kaka Slank.

 

Konsisten

Shoppe nongkrong bareng Slank (Deki Prayoga/Fimela.com)

Selain itu, Slank juga ingin menunjukan konsistensinya dalam mendukung Jokowi. Sebab saat pemilu 2014 lalu, Slank sangat mendukung Jokowi.  

"Ini adalah bentuk konsistensi kita dari awal bersama pak Jokowi," kata Ivan bassis Slank.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: