Kamis, 28 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Mengenal Moderator Debat Keempat Pilpres, Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi

Posted: 28 Mar 2019 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi akhirnya dipilih menjadi moderator debat keempat Pilpres 2019.

Nama Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi sebagai moderator ditentukan berdasarkan kesepakatan antara KPU, Tim Kampanye Nasional 01 dan Badan Pemenangan Nasional 02, pada Senin, 25 Maret 2019.

Retno dan Zulfikar akan memandu jalannya debat antarcapres Jokowi dan Prabowo dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.

Debat keempat Pilpres 2019 akan diselenggarakan di Hotel Shangrila, Jakarta dengan televisi penyelenggara, yakni Indosiar dan SCTV serta Metro TV.

Berikut fakta-fakta moderator debat keempat capres Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi dihimpun Liputan6.com:

 

1. Presenter Berita SCTV dan Indosiar

Peraih medali perak angkat besi Olimpiade Rio 2016, Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni Agustiani, saat diwawancara Retno Pinasti dalam acara Liputan 6 SCTV di SCTV Tower, Jakarta, Selasa (16/8/2016). (Bola.com/Arief Bagus)

Retno Pinasti adalah pembawa berita SCTV. Ia pun saat ini menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Liputan6 SCTV.

Sedangkan Zulfikar Naghi merupakan presenter berita Indosiar. Dia biasa memandu acara berita Fokus Indosiar.

 

2. Awal Karir

News anchor yang akrab disapa Zul ini memulai kelas dengan membedah kemampuan presentasi finalis dari bidang public relation

Retno Pinasti lahir di Yogyakarta dan pernah mengenyam pendidikan SMA di Wonosobo, Jawa Tengah. Retno kemudian melanjutkan pendidikannya untuk berkuliah di UGM, Yogyakarta.

Pada tahun 2014, wanita dengan potongan rambut sebahu ini pernah memperoleh penghargaan Best Talkshow Presenter Nominee dalam KPI Awards.

Sementara itu, Zulfikar Naghi mengawali kariernya sebagai model, bintang iklan hingga pemain sinetron sebelum akhirnya terjun ke dunia berita.

Pengalamannya menjadi pemain sinetron hanya dijadikannya sebagai batu lompatan untuk menuju karier di dunia pertelivisian.

Sebelum bergabung dengan Indosiar, Trans TV menjadi stasiun TV pertama yang ia pilih untuk terjun ke dunia jurnalistik.

Pria lulusan Universitas Prof Dr Moestopo ini sebelumnya pernah memenangkan kontes Abang Jakarta 2006 dan Cosmoman 2010.

Sempat beralih profesi, ternyata dirinya kembali berkecimpung di dunia broadcasting. Tahun 2013 ia bergabung dengan Indosiar dan membuat program Jeng Patrol yang kini hadir sebagai salah satu program unggulan di News Indosiar.

 

3. Alasan Keduanya Dipilih

News anchor Indosiar, Zulfikar Naghi dan Pratiwi Kusumastuti membagikan pengalaman sebagai jurnalis saat gelaran Emtek Goes To Campus (EGTC) 2018 di Universitas Kristen Petra, Surabaya, Rabu (14/11). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nama Retno dan Zulfikar sebagai moderator ditentukan berdasarkan kesepakatan antara KPU, Tim Kampanye Nasional 01 dan Badan Pemenangan Nasional 02, pada Senin, 25 Maret 2019. Melalui pencermatan rekam jejak, keduanya dinilai memiliki kemampuan dan independen.

"Pertimbangannya ada kompetensi yang dari awal memenuhi persyaratan," ujar Direktur Program Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Aria Bima.

"Kedua-duanya dipandang mampu mengawal pelaksanaan debat ya," ucap Direktur Relawan BPN 02 Ferry Mursyidan Baldan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Petarung Wanita Jepang Janjikan Duel Tak Terlupakan di One: A New Era

Posted: 28 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Petarung wanita Jepang, Mei Yamaguchi percaya diri mengahadapi duelnya lawan Ksenia Lachkova (Rusia) di ajang ONE Championship: A New Era, di Ryoguku Kokugikan, Tokyo, Jepang, Minggu (31/3/2019). Dalam jumpa pers di Rizt Carlton, Tokyo, Kamis (28/3) cewek cantik berusia 36 tahun itu menyatakan siap habis-habisan.

Tampil di hadapan publik sendiri, Mei mengaku tak ingin mengecewakan publik mixed martial arts (mma) Jepang. Apalagi ini pertama kalinya ajang ONE Championship digelar di Negeri Matahari Terbit itu.

"Saya sudah berlatih cukup menghadapi pertarungan ini," ujar petarung yang akan tampil di kelas atom wanita itu. "Saya sudah mempelajari kelebihan dan kekurangan lawan."

Mei mengaku ingin mempersembahkan yang terbaik, bukan hanya untuk kariernya, melainkan juga untuk rakyat Jepang. Dia berharap ajang One Championship ini menjadi triger kebangkitan kembali mma di Jepang.

"Kami berenam termasuk saya akan menyajikan pertarungan yang tak terlupakan. Ini peristiwa bersejarah bagi mma Jepang," ujar Mei.

Enam Petarung

Total, memang ada enam petarung tuan rumah akan tampil di ajang One: A New Era. Dua di antaranya: Shinya Aoki dan Ken Hasegawa tampil di bout perebutan gelar juara dunia.

Aoki menantang juara dunia One Championship lightweight, Eduard Folayang. Sedangkan Hasegawa akan menghadapi juara dunia kelas midleweight Aung La N Sang.

Yuya Wakamatsu, Tatsumitsu Wada, dan Senzo Ikeda, serta tampil di partai tambahan. Mei menjadi satu-satunya petarung wanita wakil tuan rumah.

Daftar Laga One: A New Era

ONE: A New Era (ONE Championship)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Menteri Susi, Luna Maya Tenteng Tas Seharga Ratusan Juta Rupiah

Posted: 28 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Luna Maya beberapa waktu lalu sempat masuk ke dalam daftar 99 Most Inspiring Women 2019 versi Majalah Globe Asia. Ia pun masuk dalam kategori Most Inspiring Women 2019 dengan profesinya sebagai aktris sekaligus pengusaha.

Kabar membanggakan dari Luna Maya ini diketahui melalui akun Instagram resmi Globe Asia Magazine. Di situ diunggah beberapa potret selebriti Tanah Air yang dinilai menginspirasi karena karya-karya mereka. Mulai dari aktris, pengusaha, hingga menteri.

Selain Luna Maya, ada beberapa seleb yang menjadi bagian dalam 99 Most Inspiring Women 2019. Mereka adalah Marsha Timothy, Yura Yunita, Dian Sastro, dan sutradara muda Kamila Andini. Tak hanya para seleb, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga ada di dalam jajaran wanita yang menginspiratif.

Puluhan wanita yang namanya menjadi bagian 99 Most Inspiring Women 2019 pun sempat makan siang bersama. Luna Maya juga terlihat dalam acara tersebut. Ia juga bertemu dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti.

Berpenampilan Formal

Luna Maya saat bertemu Menteri Susi Pudjiastuti. (Instagram/@lunamaya)

Pertemuan itu sempat diunggah Luna Maya di akun Instagram pribadinya, @lunamaya. Luna Maya tampak bersanding dengan Menteri Susi dan berdampingan untuk foto bersama. Berpenampilan formal, Luna Maya mengenakan long dress hitam dan blazer cokelat dengan aksesori sabuk hitam.

"Such an honor to meet you in person, she's so humble and funny yet so smart and I'm inspired by her. keep up the good work bu @susipudjiastuti115 semangat terus untuk membangun negri kita, INDONESIA! #proudindonesian #99mostinspiringwomen #lunamaya @globe.asia," kata Luna Maya melalui akun Instagramnya itu.

Tas Biru

Luna Maya. (instagram/@lunamaya)

Banyak warganet yang menyoroti penampilan Luna Maya. Luna Maya tampil cantik memesona dan pantas dinobatkan sebagai Business Women. Pada slide foto kedua, penampilan Luna Maya disempurnakan dengan menjinjing tas biru.

"Hi mba @lunamaya ...itu dress beli dmana..smakin cantik," tulis akun @smlt80.

"Tasnya keren deh," kata akun @pepiaja8gm.

"Horey tas export," tulis akun @rusli2284.

"Suka ngliat fashion²nya mba bulan.. Simple n eye catching," ujar akun @ni_niezz.

Kebahagiaan Sesungguhnya

Tas Luna Maya. (Instagram/fashion.lunamaya)

"Allhmdllah... Wanita strong..sllu menunjukan prestasi.... Setiap hari dijadikan pembuktian akan kekuatan diri. Kemampuan diri sehingga bisa menunjukan kepada dunia.. Jika masa lalu bukan halangan atq menghambat seseorang dlm menggampai mimpi, cita cita dan kebahagiaan... Slmt menikmati kebahagian yg sesungguhnya luna maya... Sukses dan tetap berani melaju. Melesat," komentar akun @sheetea_buitenzorg.

Dari berbagai komentar warganet, beberapa dari mereka mempertanyakan dan menyoroti tas biru yang dibawa Luna Maya.

Mengintip akun Instagram @fashion.lunamaya, Jumat (29/3/2019), tas yang dibawa Luna Maya tersebut adalah model Birkin 30 Blue Paon Epsom Leathe keluaran produk Hermes, dengan harga Rp 240 juta.

Nur Luthfiana Hardian/Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Saksikan Live Streaming Debat Capres Keempat 2019

Posted: 28 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat keempat Pilpres 2019 pada Sabtu 30 Maret 2019. Debat yang hanya menghadirkan capres Jokowi dan Prabowo Subianto ini akan disiarkan Liputan6.com secara live streaming.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kamera Samsung S10 Plus Kalahkan Huawei P30 Pro di DxOMark, Ini Buktinya

Posted: 28 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, Huawei merilis flagship smartphone terbarunya, Huawei P30 Pro. Perangkat ini hadir dengan empat kamera utama yang diracik bersama Leica.

Karena hardware yang mumpuni didukung dengan optimalisasi software, kamera Huawei P30 Pro pun berhasil menduduki skor tertinggi di DxOMark.

DxOMark merupakan sebuah situs independen yang melakukan penilaian atau benchmark terhadap lensa kamera.

Huawei P30 Pro pun dianggap sebagai perangkat yang mumpuni buat mengambil foto. Tidak heran, hasil skor benchmark-nya mencapai angka 112 poin.

Angka ini adalah yang paling atas ketimbang smartphone lain, disusul di bawahnya dengan dua smartphone yang juga milik Huawei yakni Mate 20 Pro dan P20 Pro, di mana masing-masing mendapatkan skor 109 poin.

Namun ada juga vendor smartphone lain yang mendapatkan nilai sama, yakni Samsung dengan Galaxy S10 Pro-nya.

Sadar akan kualitas bidikan kamera Galaxy S10 Pro, Samsung tidak mau kalah. Bahkan baru-baru ini Samsung menantang dengan menyajikan sebuah fakta bahwa skor DxOMark Galaxy S10 Plus mereka lebih tinggi ketimbang P30 Pro.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Gizchina, Jumat (29/3/2019), Samsung mempublikasikan sebuah poster melalui channel Weibo mereka.

Skor benchmark kamera (Foto: Gizchina)

Menang Jika Skor Digabung

Menjajal Samsung Galaxy S10 Plus di Indonesia. Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani

Poster ini memperlihatkan bahwa skor DxOMark kamera utama dan kamera depan Samsung Galaxy S10 Plus lebih tinggi ketimbang skor P30 Pro, jika kedua skor digabungkan.

Seperti diketahui, skor kamera utama Galaxy S10 Plus adalah 109 dan skor kamera selfie Galaxy S10 Plus adalah 89. Angka ini ketika digabung memang lebih tinggi ketimbang skor kamera utama P30 Pro dengan 112 poin ditambah dengan skor kamera selfir P30 Pro 89 poin.

Total poin kamera Galaxy S10 Plus adalah 205, sementara total poin benchmark kamera P30 Pro adalah 201.

Poster ini perlihatkan Samsung membuktikan bahwa skor DxOMark Galaxy S10 Plus lebih unggul ketimbang Huawei P30 Pro (Foto: Gizchina)

Samsung membuktikan diri bahwa total skor kamera Galaxy S10 Plus mereka secara keseluruhan lebih baik ketimbang Huawei P30 Pro.

Bantah Ucapan CEO Huawei

Richard Yu CEO Huawei Consumer Business Group. Liputan6.com/Ramdania El Hida.

Bisa dibilang, Samsung mampu menjawab pernyataan provokatif CEO Huawei Device Richard Yu yang menyebutkan, "Smartphone Samsung Galaxy S10 Plus tidak bisa menjepret Galaxy," katanya saat merilis Huawei P30 Pro.

Sebagai perbandingan, Richard Yu memperlihatkan hasil bidikan kamera Huawei P30 Pro yang mampu memotret pemandangan malam galaksi dengan lebih baik.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Merah Tembus Rp 45 Ribu per Kg di Pasar Lenteng Agung

Posted: 28 Mar 2019 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga sejumlah komoditas sayuran terpantau tinggi di pasar Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Kenaikan harga ini terjadi lebih dari dua pekan terakhir.

Soimah (56) salah satu pedagang sayuran di pasar Lenteng Agung mengatakan, sayuran yang tengah mengalami kenaikan antara lain bawang putih, bawah merah, cabai rawit merah dan cabai merah besar (TW).

"Yang naik paling tinggi itu bawang putih sama bawang merah. Sudah dari awal bulan mungkin ya," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Dia mengungkapkan, untuk bawang putih saat ini harganya berkisar Rp 40 ribu per kg. Sedangkan bawang merah lebih tinggi lagi yaitu Rp 45 ribu per kg.

Untuk cabai rawit merah‎ berada di kisaran Rp 35 ribu per kg, sementara cabai merah besar yaitu sebesar Rp 36 ribu per kg.

"Bawang merah biasanya cuma Rp 30 ribu per kg. Ini sudah sampai Rp 45 ribu. Cabai juga normalnya Rp 25 ribu," kata dia.

Soimah mengaku tidak tahu secara pasti penyebab tingginya harga keempat komoditas sayuran tersebut. Namun dia menduga karena musim hujan sehingga merusak cabai hasil panen ‎petani.

"Mungkin karena hujan juga, jadi barangnya cepat rusak. Kalau bawang juga pasokannya kurang," ‎tandas dia.

 

Daftar Harga

Harga bawang merah mengalami kenaikan hingga 40 persen. kenaikan harga hingga Rp 45 ribu per kg yang sebelumnya seharga Rp30 ribu per kg di Pasar Kramatjati, Jakarta, Selasa (8/3). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar harga sayuran di ‎pasar Lenteng Agung berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Bawang merah Rp 45 ribu per kg
- Bawang putih Rp 40 ribu pe‎r kg
- Cabai rawit hijau Rp 25 ribu per kg
‎- Cabai merah besar Rp 36 ribu per kg
- Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg
- Cabai merah keriting Rp 25 ribu per kg
- Kentang Rp 15 ribu per kg
- Tomat Rp 15 ribu per kg
- ‎Sawi Rp 10 ribu per kg
- Kol Rp 8.000 per kg
- Wortel Rp 12 ribu per kg
- Timun Rp 8.000 per kg

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Presiden 2019, yang Mana Klub Favoritmu?

Posted: 28 Mar 2019 10:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi resmi Indonesia yakni Liga 1 baru akan bergulir 8 Mei 2019. Oleh sebab itu ada turnamen pemanasan yakni Piala Presiden. Piala Presiden ini sudah ada sejak 2015. Awal bergulirnya Piala Presiden ini bertujuan untuk ajang persiapan klub jelang dimulainya Liga 1. Piala Presiden diikuti oleh klub yang bermain di kasta tertinggi liga Indonesia dan juga klub yang promosi setelah masuk 3 besar di Liga 2.

Seiring berjalannya waktu, awalnya Piala Presiden hanya sebagai ajang seleksi pemain, kini Piala Presiden malah menjadi turnamen bergengsi di Indonesia yang patut diperhitungankan. Alasan di balik diperhitungkannya Piala Presiden ialah money prize yang didapatkan tiap klub yang bertanding.

Di tiap pertandingan akan ada money prize 200 juta, dengan rincian yang menang mendapat 125 juta dan kalah mendapatkan 75 juta. Apabila seri maka klub yang bermain mendapatkan dana masing-masing 100 juta.

Melihat banyaknya money prize yang diperoleh, maka tiap klub yang berpartisipasi ngotot ingin menang. Hadiah yang didapatkan sang juara pun sangat menggiurkan yakni Rp 3,3 miliar. Di edisi pertama gelaran Piala Presiden tahun 2015 juaranya ialah Persib Bandung.

Lalu ditahun 2017 juaranya Arema FC, dan di gelaran terakhir Piala Presiden yakni tahun 2018 ialah Persija Jakarta. Kini Piala Presiden 2018 makin memanas setelah loloskan 8 klub ke 8 besar. Bahkan Kalteng Putra sudah mengantongi tiket semifinal Piala Presiden 2018 setelah mengalahkan Persija lewat drama adu pinalti.

Kini tinggal menyisakan 3 pertandingan lagi untuk memastikan tiket semifinal Pial Presiden 2019. 6 Klub yang akan bertanding ialah Persebaya Surabaya, Tira-Persikabo, Bhayangkara FC, Arema FC, Persela, dan Madura United. Keenam tim tersebut akan saling sikut untuk pastikan lolos semifinal Piala Presiden 2019. Adapun jadwal Piala Presiden 2019, sudah dirangkum Liputan6.com, Jumat (29/03/2019) sebagai berikut. 

Persebaya Vs Tira Persikabo

Piala Presiden: Persebaya Surabaya vs Tira Persikabo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Big match akan terjadi di Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Jumat (29/03/2019) mempertemukan Persebaya Surabaya melawan Tira Persikabo. Pertandingan ini akan diadakan sore hari pada pukul 15.30 WIB. Pertandingan antara Persebaya vs Tira Persikabo ini diperkirakan akan memanas.

Persebaya diprediksi akan tampil ngotot karena bermain di hadapan suporternya sendiri di Surabaya. Djajang Nurjaman akan waspadai taktik dari Rahmad Darmawan pelatih Tira Persikabo. Djajang bahkan sudah menyiapkan latihan khusus adu penalti. Hal ini dilakukan karena diprediksi pertandingan akan sangat ketat. Djajang enggan meremehkan Tira Persikabo yang terbukti memiliki kualitas pemain yang juga bagus-bagus.

Persebaya diuntungkan dengan pemain yang baru saja kembali dari Timnas Indonesia yakni Hansamu Yama dan Ruben Sanadi. Seperti diketahui keduanya ialah pilar inti Persebaya di pertahanan. Untuk striker Amido Balde masih diandalkan, selain itu pemain tengah yakni Damian Lizio dan Manu Dzalilov siap buat kocar kacir pertahanan lawan.

Pemain Persebaya yang absen hanya Rahmat Irianto saja, karena belum bergabung dengan tim pasca mengikuti turnamen kualifikasi Piala Asia U23 bersama timnas.

Sementara di kubu Tira Persikabo mengandalkan striker naturalisasi, Osas Saha. Osas Saha terbukti mampu bawa Tira Persikabo lolos dari grup di Piala Presiden 2019. Juru taktik Rahmad Darmawan mengakui Persebaya adalah tim bagus. Oleh sebab itu kedisiplinan perlu dimiliki Tira Persikabo. Tira Persikabo tidak diperkuat Andi Setyo dan Dimas Drajad karena mengikuti agenda timnas u22.

Bhayangkara FC Vs Arema FC

Selebrasi pemain Arema saat melawan Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, Malang, Selasa (22/5/2018) di Liga 1. (Bola.com/Iwan Setiawan)

Pertandingan antara Bhayangkara FC melawan Arema FC juga tidak kalah seru. Rencananya big match ini akan diselenggarakan pada 30 Maret 2019 di stadion Candrabhaga, Bekasi.

Duel Bhayangkara FC dan Arema akan sajikan duel panas kepintaran dua manajer baru musim ini. Bhayangkara dengan kejeniusan Alfredo Vera dan Arema dengan pelatih penuh pengalaman, Milomir Seslija. 

Baik Alfredo ataupun Milo, akan janjikan saling menyerang. Alfredo memiliki akan mengandalkan striker Dendy Sulistiyawan. Sebenarnya di pertandingan besok Sabtu, lebih menguntungkan Arema, karena banyak pemain Bhayangkara yang masih kelelahan pasca membela Timnas u23 di ajang kualifikasi Piala Asia u23. Pemain Bhayangkara yang kemungkinan absen ialah Awan Setho, Sani Rizki, Nurhidayat dan Bagas Adi.

Hal ini menguntungkan Arema FC. Arema FC hanya tidak diperkuat Hanif Sjahbandi saja. Coach Milo akan percayakan lini serang Arema pada striker tim nasional Indonesia yakni Dedik Setiawan.

Makan Konate juga menjadi kunci lini tengah Arema FC dalam membongkar pertahanan Bhayangkara. Duel ini dipastikan sangat seru dan tidak bisa diprediksi siapa pemenangnya, karena sama kuat.

Persela Vs Madura United

Pemain Madura United merayakan selebrasi setelah mengalahkan PSS Sleman 2-0, Selasa (5/3/2019) di Stadion Maguwoharjo. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Klub bertabur bintang Madura United akan bertemu dengan Persela Lamongan di 8 besar Piala Presiden 2018. Duel Madura United vs Persela ini akan diadakan di stadion Surajaya Lamongan pada hari Minggu 31 Maret 2019. Pertandingan ini akan jadi adu taktik dua pelatih hebat. Madura United yang dilatih Dejan Antonic melawan Aji Santoso yang melatih Persela Lamongan.

Madura United yang sudah memiliki banyak bintang di skuadnya, masih diragukan penampilannya. Hal ini dikarenakan penampilan kurang menjanjikan Madura United di fase grup Piala Presiden 2019. Madura United hanya tempati posisi dua terbaik untuk lolos ke babak 8 besar. Nama-nama pemain top misal Andik, Greg, Rakic hingga Zulfiandi belum bisa menunjukan kekopakan tim. 

Belum kompaknya Madura United, coba dimanfaatkan Persela Lamongan. Persela Lamongan mengandalkan pemain tengah bernama Kei Hirose. Hirose dinilai punya mobilitas tinggi atur lini tengah Laskar Joko Tingkir.

Selain Hirose, Aji Santoso juga mengandalkan Jose Sardon. Duet Hirose dan Sardon dinilai mampu menembus pertahanan Madura yang digalang dua pintu pertahanan yakni Jaimerson dan Fachrudin Ariyanto. Duel Persela melawan Madura United ini diprediksi akan lahirkan jual beli serangan.

Itulah jadwal Piala Presiden 2019 di babak 8 besar. Melihat ketatnya persaingan lolos semifinal, sehingga sulit dilakukan prediksi siapa saja yang akan menang. Jadi menurut kamu, siapa saja yang akan lolos ke Semifinal menemani Kalteng Putra? Patut ditunggu hasil pertandingannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantu Penumpang di Pesawat Bukan Kebaikan Pertama Keanu Reeves

Posted: 28 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Belum lama ini, Keanu Reeves membantu penumpang pesawat United Express rute San Fransisco-Los Angeles mendarat darurat di Bakersfield, California, Sabtu (23/3/2019). Dengan murah hati, ia membantu para penumpang sambil menunggu barang mereka turun.

Tak sampai di situ saja, Keanu Reeves juga ikut mengantar para penumpang sampai ke tujuan semula menggunakan van.

Salah satu penumpang pesawat itu adalah pengembang game Amir Blum yang akhirnya bisa melanjutkan perjalanan ke Los Angeles dengan menumpang van bareng Keanu Reeves, yang menghibur mereka dengan memutar musik melalui ponselnya.

Dilansir IGN Southeast Asia, Keanu Reeves dikenal sebagai aktor Hollywood yang murah hati.

 

Bantu Mobil Mogok

Aktor Keanu Reeves (AFP Photo/Miguel Medina)

Aktris peraih Academy Award, Octavia Spencer, menceritakan awal kariernya yang sempat dibantu pemain film John Wick ini. Sesaat setelah pindah ke LA, mobil Spencer mogok dalam perjalanan menuju audisi.

Diwawancara Meredith Vieira, Spencer mengatakan ada seorang pria naik motor yang membantunya dan ternyata itu adalah Keanu Reeves. Ia mendorong mobil Spencer ke sisi jalan.

"Tak ada orang yang mau bantu aku saat itu karena mobilku yang kotor banget. Aku parkir di bawah pohon seharian jadi banyak kotoran burung di sana. Sampai saat Keanu Reeves datang dengan naik motor, pakai helm dan kacamata. Dia bilang, 'Hey, kamu butuh bantuan?" kenang Spencer.

 

Makan Bareng Gelandangan

Keanu Reeves, sosok dermawan yang tak khawatirkan uang. (AFP/Bintang.com)

Rupanya, Keanu Reeves memiliki yayasan pribadi untuk riset kanker dan juga sebuah rumah sakit anak-anak.

Pada 1997, paparazi memotret Keanu Reeves nongkrong bareng gelandangan di Hollywood. Keduanya makan camilan bersama-sama. (Antaranews.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Westlife Jakarta 2019, Berapa Harga Tiketnya?

Posted: 28 Mar 2019 10:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak mengenal boyband asal Irlandia, Westlife? Sejak didirikan pada 1998, Westlife telah melewati banyak lika-liku kariernya. Tak hanya kesuksesan, grup ini juga pernah ditinggal membernya, lalu vakum pada 2012. Westlife memutuskan untuk reuni pada 2018 lalu. Menyambut usia band ini yang ke-20 pada tahun ini, Westlife menggelar tur konser reuni.

Konser yang digelar oleh Westlife ini dilaksanakan untuk merayakan perjalanan karir dari Westlife selama 20 tahun di Industri musik. Tur bertajuk "Westlife - The Twenty Tour 2019" ini akan dimulai di Belfast pada 25 Mei hingga 5 Juli 2019 di Dublin, Irlandia. Setelah itu dilanjutkan dengan tur Asia termasuk Indonesia pada 7 Agustus 2019.

Shane Filan, Nicky Byrne, Mark Feehily dan Kian Egan tentunya akan membawakan lagu-lagu hits mereka seperti "Swear It Again", "If I Let You Go", "Flying Without Wings", "I Have a Dream", "Seasons in the Sun", "Fool Again", "My Love", dan lainnya.

Tentunya para fans berat Westlife sudah menunggu-nunggu konser ini. Lalu berapakah harga tiketnya? Berikut ulasan Liputan6.com, Jumat (29/3/2019). 

Daftar Harga Tiket Konser Westlife Jakarta

Daftar Harga Tiket Konser Westlife Jakarta (sumber: instagram/fullcolorparty)

Konser Westlife Jakarta: The Twenty Tour 2019 akan digelar pada hari Rabu 7 Agustus 2019 pukul 20.15 WIB di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City.

Untuk tiket dibagi ke dalam 4 kategori yakni Silver, Gold, Platinum dan Diamond. Tak perlu capek-capek berdiri sepanjang show, semua kategori tiket merupakan all seating class (duduk semua). Yang membedakan adalah beberapa kategori free seating dan sisanya numbered seating.

Mulai dijual tepat 28 Maret pukul 11.59, berikut harga tiketnya:

- Rp 750 ribu untuk kategori Silver Presale

- Rp 990 ribu Silver Regular

- Rp 1,25 juta Gold Presale

- Rp 1,5 juta Gold Regular

- Rp 1,75 juta Platinum Presale

- Rp 1,95 juta Platinum Regular

- Rp 2,5 juta untuk kelas Diamond.

Rilis Lagu Baru

 

Boyband yang namanya melambung di era awal tahun 2000-an ini kembali masuk studio rekaman pada musim panas tahun ini. Belum lama ini, empat personel Westlife, mempromosikan single terbaru mereka, "Hello My Love". Tentunya, single baru Westlife ini disambut antusias oleh para penggemarnya.

Westlife sendiri pernah memenangkan penghargaan "Record of the Year" selama empat kali berturut-turut. Bahkan untuk penjualan album perdana mereka di Indonesia pun berhasil memperoleh 20 kali platinum. Tentu saja hal ini membuat Westlife menyandang rekor album asing terlaris di Indonesia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan: Petani Brebes Masih Menikmati Keuntungan Harga Bawang Merah

Posted: 28 Mar 2019 10:07 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Jumat (30/3) pagi untuk membagikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan pangan ke para petani dan santri.

Sebelum membagikan alsintan, Mentan Amran menyempatkan waktu untuk berdialog dengan petani bawang di Desa Cigentong, Kecamatan Wanasari.

 

Mentan Amran Sulaiman berdialog dengan petani bawang di Desa Cigentong, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Amran yang sumringah saat berdialog dengan petani bawang merah menyebutkan bahwa harga bawang saat ini masih dianggap wajar dan petani masih mendapatkan untung.

"Petani bawang merah Brebes menikmati keuntungan, harga bawang di tingkat petani Rp20.000," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelumas Wajib SNI, Berapa Biaya Sertifikatnya?

Posted: 28 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) resmi memberlakukan wajib Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk pelumas yang beredar di Indonesia, mulai September 2019. Peraturan ini sendiri, tertuang pada Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 25 Tahun 2018.

Namun, peraturan wajib SNI pelumas ini masih banyak ditentang oleh beberapa importir dan produsen pelumas di Indonesia. Pasalnya, untuk mengantongi sertifikat SNI tersebut, dianggap memberatkan, karena biaya yang harus dikeluarkan cukup tinggi.

Dijelaskan Ketua Bidang Pengembangan Asosiasi Produsen Pelumas Indonesia (Aspelindo), Andria Nusa menuturkan, sebenarnya biaya untuk sertifikasi agar dapat label SNI tidaklah terlalu mahal.

"Sekitar segitu, tidak mahal bagi produsen yang memang jual pelumasnya banyak. Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan uji SNI," kata dia dalam FGD bertajuk 'Implementasi Peraturan SNI Wajib Pelumas Bagi Perlindungan Konsumen' yang diselenggarakan Forum Wartawan Industri (Forwin) di Jakarta, seperti disitat Bisnis Liputan6.com, ditulis Jumat (29/3/2019).

Dia menuturkan, untuk satu kategori pelumas, biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikat SNI berkisar Rp 25 juta-Rp 30 juta. Harga perkiraan Rp 25 juta-Rp 30 juta tersebut dikatakan untuk pengujian satu kategori atau jenis pelumas.

Selanjutnya

Jika produsen melihat angka Rp 25 juta atau Rp 30 juta memang akan kelihatan mahal. Namun, jika saja produsen menghitung secara seksama, biaya yang dikeluarkan untuk mengantongi sertifikat SNI tidak mahal.

"Katakanlah Rp 100 juta untuk melakukan uji SNI. Ketika jualannya sampai 1.000 (botol oli), biayanya hanya Rp 100 per oli," tandas Andria.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Lebih Cuek, Tanda Ibu Mengandung Bayi Laki-Laki?

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain dengan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG), jenis kelamin janin juga bisa diprediksi dengan mencermati beberapa tanda pada ibu hamil. Babyologist mencatat beberapa tanda pada ibu hamil yang bisa digunakan untuk memprediksi janin laki-laki.

Memiliki jagoan kecil berjenis kelamin laki-laki merupakan suatu hal yang sangat diimpikan oleh sebagian pasangan suami istri. Memiliki bayi dengan jenis kelamin laki-laki saat ini merupakan salah satu hal yang cukup langka. Oleh karena itu, banyak sekali calon orang tua yang berusaha mencari cara untuk mendapatkan bayi laki-laki. Jika Moms sedang mengincar bayi laki-laki, maka informasi ini akan sangat bermanfaat. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa Moms sedang mengandung bayi laki-laki:

Moms menjadi lebih cuek

Pada umumnya, seorang Ibu hamil yang akan memiliki bayi laki-laki tidak suka berdandan. Moms akan menjadi lebih cuek terhadap penampilan. Hal ini sangat berbanding terbalik dengan tanda-tanda mengandung bayi perempuan.

Bentuk perut yang lebih bulat

Tanda-tanda jika Moms sedang mengandung bayi laki-laki juga bisa dilihat dari bentuk perut. Biasanya, bentuk perut Moms akan cenderung bulat menyerupai sebutir telur.

Ukuran payudara yang berbeda

Jika Moms sedang mengandung bayi laki-laki, payudara kanan akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan payudara kiri.

Tidak morning sickness

Morning sickness adalag gejala mual dan muntah yang biasanya menyerang saat awal masa kehamilan. Namun, jika Moms sedang mengandung anak laki-laki, Moms tidak akan merasakan morning sickness sama sekali.

Berat Badan Naik Drastis

Jika Moms sedang mengandung bayi laki-laki, Moms akan lebih suka mengkonsumsi makanan-makanan yang berkalori tinggi. Hal ini akan mengakibatkan berat badan Moms naik secara drastis.

Semoga bermanfaat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah di Balik Lukisan Misterius Leornardo da Vinci, Kasih Tak Sampai hingga Mona Lisa Hamil

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Begitu sampai di Museum Louvre, rasa tak sabar untuk segera masuk dirasakan hampir semua pengunjung. Apa lagi penyebabnya kalau bukan ingin segera melihat lukisan terkenal Mona Lisa

Karya pelukis tersohor Leonardo da Vinci ini mengundang rasa penasaran semua orang karena banyaknya cerita yang beredar terkait muasal maupun sisi misterius lukisan wanita tersenyum itu.

Setiap harinya, pengunjung berdatangan ke museum Louvre yang dibuka untuk umum tanpa dipungut bayaran. Dari beribu-ribu karya seni terkenal dan original yang dipamerkan di museum itu, satu yang menjadi tujuan utama pengunjung yakni lukisan Mona Lisa. Terlihat, mereka memadati spot lukisan itu hanya untuk memfotonya atau berswafoto.

Catharina, seorang pemandu museum menceritakan segala hal informasi menyangkut lukisan yang masih misterius itu. Pasalnya, Leonardo da Vinci tidak meninggalkan sedikit pun informasi terkait lukisan perempuan tersenyum itu. Sehingga bermacam spekulasi beredar. 

"Awalnya ada seorang saudagar kaya di Italia meminta da Vinci untuk melukis istrinya, Lisa del Giocondo," ujar Catharina di Museum Louvre, Paris, Senin, 25 Maret 2019.

Ukuran lukisan ini tidak besar, dia melanjutkan, karena memang tujuannya untuk dipajang di ruangan rumah, sehingga disesuaikan dengan standar ruangan rumah pada umumnya.

"Ketika datang pasti orang-orang beranggapan mengapa lukisannya tidak besar seperti yang ada di pameran-pameran, ini memang dibuat untuk diletakkan di rumah," kata dia.

Catharina mengatakan setelah dibuat, malah da Vinci tidak mau menjual kepada saudagar tersebut. Diduga, karena da Vinci justru menyimpan perasaan kepada Lisa. Bahkan, da Vinci pindah ke Paris membawa lukisan tersebut.

"Jadi dia tidak mau menjualnya ke suami Lisa hingga dia pindah ke Paris," katanya.

Setelah dia wafat, Raja Prancis pun membeli lukisan yang diberi nama Monalisa, yang berarti Nyonyaku Lisa dari kata 'ma donna' dan Lisa, nama pemilik rupa itu.

Saksikan juga video terkait Mona Lisa berikut ini:

Mona Lisa Hamil?

Salah satu koleksi terbaik dari Museum Louvre adalah lukisan karya Leonardo da Vinci yang berjudul Mona Lisa. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sejumlah peniliti pun mulai menyelami sosok itu. Diduga, Mona Lisa tengah hamil ketika dilukis da Vinci. Hal ini terlihat dari tidak adanya cincin di jarinya.

Pasalnya, untuk perempuan Prancis, ketika dia sudah menikah, maka menggunakan cincin. Namun, ketika dia hamil, cincin itu dilepas hingga dia melahirkan.

Tidak hanya mengenai siapa sosok tersenyum yang ada dalam lukisan Leonardo da Vinci itu, tetapi teknis pelukis asal Italia itu. Banyak orang yang mempertanyakan mengapa Monalisa tidak memiliki alis. Seorang peneliti menyebutkan bahwa sebenarnya Leonardo melukiskan alis tipis di atas mata Monalisa. Namun, memang sulit dilihat sepintas lalu. 

Begitu pun dengan teknik cerdas da Vinci dalam goresan senyum misterius Monalisa. Jika wajah Mona Lisa dibagi dua, maka terlihat Monalisa tengah tersenyum di satu sisi. Namun, di sisi lain justru sosok perempuan itu terlihat tengah murung.

Catharina mengakui sebenarnya lukisan Mona Lisa itu awalnya kurang begitu terkenal dibandingkan lukisan dan karya seni da Vinci yang lain. Hanya saja, lukisan ini sempat bikin heboh ketika dicuri pada tahun 1911 oleh dua bersaudara Vincenzo dan Michele Lancelotti, serta pemimpin komplotannya Vincenzo Perugia.

Lukisan itu ditemukan ketika sang pencuri ingin menjualnya ke pengoleksi lukisan. Karena kasus pencurian ini sudah tersebar ke pelosok dunia, sehingga besar lah nama Mona Lisa. Orang-orang pun ingin melihat lukisan fenomenal ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Argentina: Latihan Bebas Mulai Hari Ini

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Termas de Rio Hondo - MotoGP 2019 seri kedua bakal berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina akhir pekan ini. Persaingan untuk merebut posisi teratas diprediksi semakin seru berkaca pada hasil musim lalu di Argentina.

Pasalnya, para pembalap yang biasanya tampil dominan kerap gagal tampil maksimal di sirkuit ini.

Pada MotoGP 2018, Marc Marquez yang di akhir musim keluar sebagai juara dunia, harus terjungkal dan finis di peringkat 18.

Cal Crutchlow yang biasa hanya finis di papan tengah keluar sebagai pemenang. Di belakangnya, ada Johann Zarco, dan Alex Rins di peringkat ketiga.

Tak ayal, Marquez pastinya ingin tampil lebih baik di MotoGP Argentina musim ini. Namun, ia lebih dahulu harus melewati adangan Andrea Dovizioso yang telah meraih podium pertama di Qatar.

Jika gagal, Marquez akan semakin kesulitan untuk mengejar torehan poin Dovizioso.

 

Jadwal MotoGP Argentina

Jumat (29/3/2019)

20:50 - 21:35 WIB, Latihan Bebas 1

Sabtu (30/3/2019)

01:05 - 01:50 WIB, Latihan Bebas 2

20:50 - 21:35 WIB, Latihan Bebas 3

Minggu (31/3/2019)

00:25 - 00:55 WIB, Latihan Bebas 4

01:05 - 01:20 WIB, Kualifikasi Pertama

01:30 - 01:45 WIB, Kualifikasi Kedua

20:40 - 21:00 WIB, Pemanasan

Senin (1/4.2019)

01:00 WIB, Balapan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gula hingga Daging Olahan, 8 Makanan Ini Sebabkan Penuaan Dini

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa makanan yang Anda konsumsi mungkin terlihat tak berbahaya pada awalnya. Padahal, bila dikonsumsi secara rutin, dapat memberi efek negatif pada tubuh.

Kandungan gula, lemak tidak sehat, garam berlebihan, bahkan kafein di dalamnya lah yang membuat tubuh merasakan dampak negatif itu. Makanan-makanan berikut ini harus Anda waspadai.

Melansir dari Brightside.me, ini dia.

1. Lemak trans menghambat aliran darah ke kulit

Lemak trans dapat ditemukan di makanan cepat saji, makanan yang digoreng, margarin, makanan kalengan beku, dan lainnya. Makanan-makanan tersebut tak hanya meningkatkan risiko penyakit jantung, tapi juga menyempitkan pembuluh darah. Ini dapat menghambat aliran darah ke kulit dan menyebabkan penuaan dini serta kerutan.

2. Gula menghancurkan protein dan lipid

Gula bertanggung jawab atas kenaikan berat badan, membuat keriput dan kuli kendor, serta merusak kesehatan secara umum. Makan terlalu banyak gula memulai proses yang disebut glikasi yakni mengikat glukosa dengan protein dan lipid. Proses ini merusak kolagen kulit Anda dan mendorong timbulnya keriput.

 

3. Alkohol membuat racun bertumpuk di tubuh

Ilustrasi bir. Sumber foto: unsplash.com/Paloma A..

Segelas anggur atau minuman beralkohol lainnya mungkin tak berbahaya bila diminum, tapi bila diminum secara teratur akan berpengaruh pada kerja hati Anda. Bila racun menumpuk di hati dan tak terurai dengan baik, akan menyebabkan kerusakan pada kulit seperti jerawat, tidak elastis, dehidrasi, bengkak, dan lainnya.

4. Garam dapat membuat keriput

Garam berlebih dapat ditemukan di banyak produk makanan ringan serta cepat saji. Garam menyebabkan tubuh menahan air dan tubuh seperti bengkak. Selain itu, sel juga menyusut karena garam dan membuatnya dehidrasi. Tak cukup air membuat kulit keriput dan Anda menua lebih cepat.

 

5. Daging olahan bikin dehidrasi

Ilustrasi sosis (Sumber: Pixabay)

Sosis, bacon, dan daging-daging olahan disukai banyak orang. Padahal konsumsi daging olahan yang kaya garam dan pengawet dapat memicu peradangan dan dehidrasi. Produk-produk tersebut juga mengurangi vitamin di tubuh yang penting dalam pembentukan kolagen.

6. Daging hangus merusak kulit

Saat mengonsumsi daging yang dibakar, Anda suka mencuil bagian hitamnya yang terbakar arang? Padahal bagian tersebut justru yang mengandung hidrokarbon pro-inflamasi.

Ini dapat memecah esensi kulit seperti kolagen yang membuat Anda terlihat lebih tua. Ada baiknya Anda menyingkirkan bagian kehitamannya.

 

7. Kopi dan minuman berkafein sebabkan kulit kering

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Kafein bersifat diuretik yang berarti membuat Anda lebih banyak mengeluarkan cairan dan kurangnya kelembaban di tubuh. Ini membuat kulit kering. Biasakan minum segelas air setelah minum secangkir kopi.

8. Makanan pedas sebabkan bengkak

Makanan pedas bisa menyebabkan bengkak karena melebarkan pembuluh darah. Ini juga membuat kulit tampak merah, bernoda, dan tak awet muda. Sesekali tak apa, tapi bila terlalu banyak dan terus-terusan, berhati-hati lah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SMA dan SMK di Jawa Timur Gratis Mulai Juli 2019

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa penggratisan SPP untuk SMA/SMK negeri melalui program pendidikan gratis berkualitas atau "Tis Tas" di wilayah setempat akan berlaku mulai awal Bulan Juli 2019.

"Penggratisan SPP dimulai saat tahun ajaran baru Juli mendatang. Untuk sekolah negeri, betul-betul gratis," ujar Khofifah saat memimpin rapat kerja bersama dengan kepala daerah se-Bakorwil Madiun di ruang rapat Gedung Bakorwil Madiun, Kamis (29/3/2019), dilansir Antara.

Menurut dia, tahun ini Pemerintah Provinsi Jatim telah menganggarkan dana dalam APBD 2019 untuk pembiayaan program tersebut sebesar Rp 1,8 triliun. Anggaran itu digunakan untuk membiayai SMA/SMK setelah tidak lagi menerima pemasukan SPP dari siswa.

Selain penggratisan untuk SMA/SMK negeri, Pemprov juga akan memberikan seragam gratis bagi siswa-siswi SMA/SMK di Jatim. Adapun, seragam akan diberikan kepada seluruh siswa baru karena memang hal tersebut menjadi hak setiap siswa.

Sementara, untuk sekolah SMA/SMK swasta, pemprov juga akan memberikan dana bantuan pendidikan, berupa subsidi SPP. Nanti, akan ada Surat Edaran Gubernur untuk pelaksanaan program tersebut. Sesuai SE, di setiap wilayah nantinya akan berbeda-beda, melihat dari kebutuhan wilayah tersebut.

Khofifah Indar Parawansa berharap, dengan program Tis Tas pendidikan di Jawa Timur dapat lebih baik. Program tersebut juga bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah di Jatim, serta meningkatkan IPM di Jatim.

Selain membahaas tentang pendidikan, rapat Gubernur Jatim dengan kepala daerah di wilayah Bakorwil Madiun juga membahas tentang potensi daerah, perekonomian, lingkungan hidup, dan buruh migran.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Walhi Kritisi Ancaman Menko Luhut Soal RI Bakal Keluar dari Komitmen Paris

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai pernyataan Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebutkan pemerintah Indonesia mengancam akan keluar dari Kesepakatan Paris  tidak tepat.
 
Pernyataan tersebut sebagai retaliasi atau langkah perlawanan atas keluarnya delegated act Komisi Uni Eropa (UE) terkait diskriminasi kelapa sawit.
 
Manager Kampanye Walhi, Yuyun Harmono menyebutkan seharusnya pernyataan semacam itu tidak boleh diucapkan sembarangan. Kemenko Maritim seharusnya melakukan diskusi dan komunikasi internal pemerintah sebelum mengeluarkan pernyataan tersebut.
 
"Reaksi kita dari pernyataan yang menurut kami serampangan, tidak didasarkan pemikiran mendalam dan keliru ketika disampaikan seorang Menko," kata dia dalam acara konferensi pers di kantornya, Jumat (29/3/2019).
 
Seperti diketahui, keterlibatan Indonesia dalam Kesepakatan Paris merupakan komitmen Presiden Joko Widodo  (Jokowi) sebagaimana disampaikan pada COP 21 UNFCCC di Paris, Indonesia akan terlibat dalam upaya menanggulangi perubahan iklim yang merupakan masalah global.
 
Selain bertentangan dengan komitmen Presiden Joko Widodo, pernyataan Menko Luhut tersebut dinilai melangkahi kewenangan DPR karena tidak atas  persetujuan parlemen. 
 
Di bawah kesepakatan iklim Paris, Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca tanpa syarat sebesar 29 persen dan secara kondisional sebesar 41 persen di 2030.
 
"Kenapa serampangan? karena tidak dilihat dalam konteks yang mendalam. Karena kita tahu Jokowi di 2015 menyatakan keterlibatananya dalam komitmen Paris dan ini di acara internasional. Berapa kontribusi penurunan emisi yang diniatkan pemeritnah, Jokowi mengatakan Indonesia kontribusi 29 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen bantuan internasional," ujarnya.
 
Yuyun menegaskan, komitmen seorang presiden tidak dapat serta merta dibantah oleh seorang Menteri.  Apalagi, pernyataan tersebut pada dasarnya bukan untuk membela rakyat secara umum melainkan yang terkait dengan kelapa sawit.
 
"Ini jadinya kontradiktif, presiden menyataka terlibat menurunkan emisi tingkat global, Menteri lakukan itu demi kepentinagn perdaganag dan ekonomi dan buka mewakili kepentingan rakyat, tapi kepentingan korporasi  sawit," tegasnya.
 
Reporter: Yayu Agustini Rahayu
Sumber: Merdeka.com

Usul Faisal Basri soal Penyelesaian Diskriminasi Sawit oleh UE

Ilustrasi Kelapa Sawit (iStockphoto)

Ekonom Senior, Faisal Basri mengkritik langkah pemerintah yang melakukan retaliasi atau perlawanan terhadap kampanye hitam kelapa sawit yang dilakukan oleh Uni Eropa (UE).

Seperti diketahui, pemerintah telah mengeluarkan ultimatimatum atau ancaman akan boikot terhadap produk-produk Eropa.

Faisal menilai, langkah pemerintah tersebut kurang tepat. Seharusnya, pemerintah introspeksi kenapa UE bisa sampai mendiskriminasi produk kelapa sawit.

"Sebelum ke sini saya diskusi sama pak Laode KPK. Kasarnya begini "ngaca dulu" kenapa UE memboikot sawit kita? Karena banyak lahan tumpang tindih sawit termasuk rarusan ribu hektar yang harusnya hutan. Jadi isunya lingkungan. Ngaca dulu," kata dia saat ditemui di Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Selain itu, menurut dia yang lebih pantas menyelesaikan masalah tersebut bukan Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, melainkan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Sebab masalah tersebut merupakan hubungan diplomasi antar negara.

"Kalau sudah begitu, serahkan ke ibu menlu karena sudah negosiasi antar negara. Karena kalau ada apa-apa, ini bukan urusan sekadar sawit, urusan diplomasi secara keseluruhan," ujar dia.

Jika yang menangani Menko Luhut, Faisal khawatir suasana justru akan tambah memanas . "Kalau yang diplomasi Luhut, panas terus. Kalau ibu Retno sejuk, perempuan, santun, semua terukur, semua terhitung. Tiap ucapan itu membawa implikasi pada chemistry negosiasi," ujar dia.

Bila semua tuduhan UE terbukti salah, langkah yang paling tepat adalah membawa kasus tersebut ke WTO.

"Kita lihat tuduhan-tuduhan UE itu benar tidak? Kalau tuduhan itu tidak benar, bawa ke WTO begitu. Jadi apa gunanya ngancam-ngancam (boikot produk Eropa)?" ujarnya.

Selain itu, dia menyarankan dalam proses diplomasi sawit tersebut seharusnya satu pintu agar semua pernyataan yang keluar bisa selaras.

"Kalau diplomasi satu pintu, jangan Darmin (Menko Perekonomian) ngomong, Luhut ngomong, pusing. Menlu dia? ini sudah ranah diplomasi, kalau diplomasi masalah satu masalah lain terkait, hubungan baik," ujar dia.

 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: BLACKPINK Tampil Memukau di Teaser Comeback

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Blackpink merilis teaser comeback group pertama mereka "Kill This Love" yang akan dirilis pada 5 april 2019. Para personel BLACKPINK tampil memukau di teaser comeback.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaya Kasual Lisa BLACKPINK Saat Dirangkul Pharrell Williams

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Popularitas girl band k-pop, BLACKPINK, telah mencuri perhatian khalayak luas. Momen emas tersebut tentu memberikan kesempatan bagi para personelnya, termasuk Lisa BLACKPINK, bertemu hingga menjalin kolaborasi dengan musisi dunia.

Lewat unggahan terbaru lewat Instagram pribadi @lalalalisa_m, Lisa BLACKPINK membagikan potret yang menampilkan kebersamaannya dengan penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser asal Amerika Serikat, Pharrell Williams.

Pelantun lagu Happy tersebut tampak merangkul Lisa. Keduanya bahkan tersenyum manis ke arah kamera. Lisa tak dapat menyembunyikan antusiasme bertemu dengan Pharrell dan menyertakan dua emoji api di kolom keterangan potret.

Dalam potret yang diunggah Kamis, 28 Maret 2019, Lisa BLACKPINK tampil kasual dalam balutan v-neck knit jumper berwarna hitam dan celana jins. Rambut blonde-nya dibiarkan tergerai berpadu polesan makeup natural.

Sedangkan, Pharrell mengenakan kaus putih bergambar dipadu jaket biru muda. Outfit kasual dan stylish-nya juga dilengkapi dengan celana panjang hitam, scarft warna gelap, serta topi.

Sejak diunggah, potret kebersamaan Lisa dan Pharrell telah mendapat lebih dari 2,3 juta likes. Tak sedikit pula warganet yang bereaksi dan menuliskan deretan komentar terkait potret keduanya.

"Colab with pharell? (Kolaborasi dengan Pharrell?)" tanya akun @everybody_love_mehhh. "Thank you @pharrell for showing the girls some love while you was there (Terima kasih @pharrell telah menunjukkan cinta pada mereka saat Anda ada di sana)" tulis akun @d_dollars_.

Selain foto Pharrell Williams merangkul Lisa BLACKPINK, girl band pelantun DDU-DU DDU-DU ini akan comeback dengan mini album bertajuk Kill This Love. Mereka siap meluncurkan persembahan terbaru ini pada 5 April 2019.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Alasan Leica Tak Pasang Logonya di Smartphone Huawei

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Wetzlar - Huawei telah menjalin kerja sama dengan Leica dalam pengembangan kamera sejak beberapa tahun terakhir.

Kerja sama tersebut sudah dimulai sejak smartphone seri P9 keluar sejak 2016. Sejak saat itu, nama Leica menempel pada bodi sejumlah smartphone Huawei. Sebut saja seri P, yakni P10, P20, P30 (tidak pada model lite), serta seri Mate, yaitu Mate 9, 10, dan 20. 

Namun, pada seri tersebut, nama Leica yang menempel di bodi smartphone Huawei tidak disertai lambang dot merah layaknya logo Leica. Hal ini tentu mengundang tanda tanya.

"Kami hanya menaruhnya (lambang dot merah logo Leica) pada kemasan," jawab VP of Huawei CBG Changzhu Li di Wetzlar, Jerman, Kamis (28/3/2019), ketika ditanya mengenai logo Leica tersebut.

Padahal jika mau dibandingkan, produsen kamera asal Swedia, Hasselblad yang bekerja sama dengan Lenovo, meletakkan logonya pada produk kameranya.

Menanggapi kerja sama Huawei dan Leica, Changzhu hanya berani berjanji akan terus mengembangkan terus teknologi untuk memberikan kualitas terbaik bagi para pengguna.

"Kami harus mendapatkan produk yang terbaik untuk konsumen untuk itu kami memilih Leica. Kami berupaya untuk perfect, memberikan kualitas terbaik yang berkembang terus untuk konsumen," dia menegaskan.

Seperti pada kamera selfie misalnya, Changzhu mengakui ada permasalahan dilematis dalam pengembangan kamera depan ini. Namun, dia mengatakan akan terus meningkatkan kualitasnya, agar memuaskan pencinta selfie.

"Selfie ini agak trickie, ketika kita ingin memberikan gambar senatural mungkin, tapi banyak orang justru mau terlihat tidak sebenarnya," ujar Changzhu sambil berkelakar.

Masuk Indonesia, Huawei P30 dan P30 Pro Bisa Dipesan 12 April

VP of Huawei CBG Changzhu Li bersama jajaran Huawei lainnya di Jerman. Liputan6.com/Ramdania El Hida

Setelah diluncurkan di Paris, smartphone seri Huawei P30 bakal masuk ke Indonesia. Para pencinta gadget bisa mulai memesan P30 dan P30 Pro pada 12 April 2019 mendatang.

"Sesuai dengan komitmen kami untuk selalu menghadirkan smartphone berteknologi mutakhir dan canggih, kami sangat senang akhirnya bisa memperkenalkan seri Huawei P30 kepada masyarakat," ucap Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Rabu (27/3/2019), di Paris, Prancis.

Lo Khing Seng melanjutkan, pre-order duo P30 ini bisa dilakukan di Erafone dan Lazada. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat, Huawei akan membuka toko flagship pertama di Indonesia.

"Serta dalam waktu dekat, Huawei akan memiliki flagship store yang dinamakan dengan Huawei High End Experience Shop," tambahnya.

Lo Khing Seng mengatakan, di flagship store tersebut, konsumen bisa mencoba langsung semua smartphone Huawei serta melakukan pre-order duo seri Huawei P30.

Seri Huawei P30, kata Lo Khing Seng, merepresentasikan sebuah smartphone dengan teknologi terobosan terbaru dalam dunia kamera digital. Perangkat ini akan memberikan persepsi baru tentang fotografi seluler.

"Sejumlah teknologi diciptakan oleh Huawei untuk memaksimalkan kemampuan fotografi pada Huawei P30 Series. Antara lain HUAWEI SuperSpectrum Sensor dan SuperZoom Lens, memungkinkan kita memaksimalkan tidak hanya kemampuan fotografi, tetapi juga tetapi juga kemampuan videografinya," kata Lo Khing Seng.

Dia menyebutkan melalui pemesanan di Indonesia yang jaraknya tidak terlalu jauh dari peluncurannya di Paris, membuktikan keseriusan Huawei untuk membuat konsumen di Tanah Air bisa merasakan dengan cepat teknologi smartphone mutakhir yang dimiliki oleh perusahaan.

Ini Harga Huawei P30 dan P30 Pro

Richard Yu CEO Huawei Consumer Business Group memamerkan Huawei P30 dan P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Huawei akhirnya memboyong dan memperkenalkan dua smartphone flagship terbarunya, P30 dan P30 Pro di Paris Convention Center, Prancis, Selasa (26/3/2019) pukul 14.00 waktu setempat. 

Seperti seri pendahulunya, P20 dan P20 Pro, Huawei tetap mengedepankan teknologi kamera pada smartphone ini. Perusahaan masih menggandeng Leica untuk menggarap lensa kamera smartphone tersebut.

Adapun highlight yang ditonjolkan pada P30 dan P30 Pro adalah konfigurasi kamera yang semakin mumpuni berkat resolusi 40MP berbekal teknologi SuperSensing.

Huawei P30 juga memiliki kemampuan zoom canggih, mulai dari 3x optical zoom, 5x hybrid zoom, dan 10x digital zoom.

Baik Huawei P30 dan P30 Pro tersedia dalam beberapa varian. P30, misalnya, tersedia dalam varian RAM6GB dan memori internal 128GB.

Adapun untuk P30 Pro tersedia dalam opsi varian RAM 8GB dengan memori internal 128GB, RAM 8GB dengan memori internal 256GB, dan RAM 8GB dengan memori internal 512GB. Semua smartphone sudah mulai tersedia di pasaran mulai hari ini. 

Adapun untuk harga, berikut daftar lengkapnya sebagaimana diungkap langsung oleh Richard Yu selaku CEO Huawei Consumer Business Group. 

Berikut ini harga lengkapnya:

Huawei P30 RAM6GB + memori internal 128GB: 799 euro atau setara dengan Rp 12,8 jutaan

Huawei P30 Pro RAM8GB + memori internal 128GB: 999 euro atau Rp 16 jutaan

Huawei P30 Pro RAM8GB + memori internal 256GB: 1.099 euro atau Rp 17,6 jutaan

Huawei P30 Pro RAM8GB + memori internal 512GB: 1.249 euro atau Rp 20 jutaan

(Nia/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dilamar Berondong Ganteng, Muzdalifah: Ini Takdir Allah...

Posted: 28 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan asmara Muzdalifah dengan Fadel Islami makin serius. Perbedaan usia 15 tahun tak menghalangi keduanya untuk meresmikan percintaannya ke jenjang pernikahan.

Fadel Islami resmi melamar Muzdalifah. Menurut Fadel pertunangan dengan Muzdalifah merupakan pertemuan keluarga kedua belah pihak.

"Hari ini ada silaturahmi dua keluarga yang utamanya lebih private dan tidak banyak yang tahu," kata Fadel Islami, dikutip Dream dari tayangan Youtube Cumicumi, Kamis 28 Maret 2019.

Sementara itu, Muzdalifah mengaku bersyukur acara lamaran tersebut berjalan berjalan lancar. "Rasa syukur, alhamdulillah, acara tadi siang berjalan lancar."

"Berdoa minta yang terbaik, ridhonya Allah. Ini sudah jalannya, sudah harus jejak pertemuan, perkenalan," tambah Muzdalifah.

Ingin Langgeng

Muzdalifah dan Fadel Islami (instagram.com/muzdalifah999)

Mantan istri Nassar ini berharap, Fadel Islami merupakan jodoh yang dikirim Allah untuknya. Dan pernikahannya dengan Fadel Islami ini akan langgeng.

"Mudah-mudahan jodoh dari Allah ini langgeng. Saya minta doanya yang baik, bisa membimbing saya dan anak-anak. Mungkin ini sudah takdir dari Allah, pilihan dari Allah," kata dia.

Minta Doa

Tunangan Muzdalifah, Fadel Islami. (Instagram: @fadelislamiii)

Fadel pun meminta doa agar pernikahannya dengan Muzdalifah nanti berjalan dengan lancar. "Doakan kami biar semuanya lancar, berkah, rezekinya lancar tidak ada hambatan dari pernikahan," tuturnya. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bowo Sidik Pangarso Ditangkap KPK, Ini Postingan Terakhirnya di Media Sosial

Posted: 28 Mar 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sosok Bowo Sidik Pangarso? Memang tidak banyak yang tahu akan pria yang kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR Pemilu 2019 nanti. Namanya baru-baru ini mencuat seiring penangkapannya oleh Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjaring anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Golkar ini di rumahnya, pada Rabu dini hari, (27/3/2019). 

Bowo Sidik Pangarso sebelumnnya merupakan anggota DPR RI Komisi VI. Komisi ini mengurusi tentang perindustrian, perdagangan, investasi, koperasi, UKM dan BUMN. Pria kelahiran 1968 ini diketahui berasal dari Fraksi Partai Golkar yang maju menjadi anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Tengah II.

Namun, menariknya lagi pria yang diketahui sempat melarikan diri saat akan ditangkap di apartemennya di kawasan Permata Hijau jarang sekali aktif dan melakukan pergerakan di akun media sosialnya. Saat orang-orang sedang gencar-gencarnya melakukan kampanye di media sosial tapi tidak dengan Bowo Sidik Pangarso.

Facebook Bowo Sidik Pangarso

Facebook Bowo Sidik Pangarso  (Sumber: Facebook)

Dalam akun Facebook atas nama Bowo Sidik Pangarso unggahan terakhir yang ia lampirkan adalah tertanggal 4 Februari 2016 yang artinya kurang lebih sekitar 3 tahun lalu ia terakhir mengupdate status di media sosialnya. Dalam unggahan tersebut Bowo melampirkan berita dari http://www.dpr.go.id terkait "Harus Ada Protek Terhadap Pasar Tradisiional".

Dalam berita tersebut menjelaskan tentang "Anggota Dewan Komisi VI Bowo Sidik Pangarso, di awal tenggapannya menyampaikan apresiasi atas program tersebut. Namun dia menyayangkang dalam program revitalisasi 1000 pasar tidak memberikan perhatian yang intensif terhadap pasar tradisional yang dikelola rakyat kecil. Menurut Bowo di dalam pasar tradisioanl terdapat rakyat-rakyat yang terpinggirkan, selama ini justru pemerintah abai dengan nasib rakyat kelas bawah".

Selain itu dalam unggahan lainnya tertanggal 4 Februari 2016 ia juga memposting foto kunjungan ke sebuah sekolah. Dalam status yang ia posting, Bowo mengucapkan  "Terima kasih atas sambutan dari MA Darul Ulum Purwogondo". Sedangkan ia pertama kali bergabung di akun media sosial Facebook sejak 30 Mei 2010.

Posted by Madupwg Jepara on Saturday, 30 January 2016

Twitter Bowo Sidik Pangarso

Facebook Bowo Sidik Pangarso (Sumber: Twitter)

Dalam akun twitter @bowosidik_P ia memiliki follower sebanyak 1,736,  jumlah Following 6 dengan jumlah twit hanya 14. Dalam biodata yang ditampilkan ia bergabung dengan twitter sejak juli 2015 dan memiliki 8 foto dan video serta dengan tagline yang menjelaskan dirinya "Anggota DPR RI | Melangkah Bersama Rakyat".

Hampir sama dengan unggahan di akun Facebook, unggahhan terkahirnya di akun twitter ini terlihat pada 15 Desember 2016. Dalam ungghan tersebut ia menjelaskan saat ia "Mengahadiri Seminar partai golkar INDONESIA ECONOMIC OUTLOOK 2017 "Memantapkan Konsolidasi Fiskal, mengakselerasi pertumbuhan berkeadilan".

Instagram Bowo Sidik Pangarso

Instagram Bowo Sidik Pangarso (Sumber: Instagram)

Dalam akun Instagram Bowo Sidik Pangarso tidak banyak informasi yang bisa diambil. Karena dalam akun Instagramnya tersebut @bowosidikpangarso tersebut sudah dikunci atau diprivate. Namun yang jelas dalam akun tersebut ia telah melalukan postingan sebanyak 203 postingan dengan 1245 Follower dan 396 following.

Dalam foto profil yang ia tampilkan, ia memperlihatkan foto kipas angin yang sedang berada di langit-langit ruanggannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wawancara Khusus Direktur LRT Jakarta: LRT Solusi Macet dan Polusi Jakarta

Posted: 28 Mar 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta LRT Jakarta tak lama lagi akan beroperasi dan melengkapi sarana transportasi massal sektor perkeretaapian di Indonesia. Selain mempermudah masyarakat, keberadaan sarana transportasi ini adalah demi mengurangi kepadatan jalan di ibu kota dan sekitarnya.

PT LRT Jakarta menargetkan 14.255 ribu penumpang bisa menikmati transportasi umum ini dalam sehari.

Ke depannya LRT Jakarta dipastikan dapat terintegrasi dengan 2 moda lain yakni MRT Jakarta dan TransJakarta.

Integrasi ketiga moda transportasi itu diharapkan dapat mengurangi polusi udara di DKI. Ini karena adanya perubahan kebiasaan warga Jakarta dari kendaraan pribadi menuju ke kendaraan umum.

Lalu apa saja persiapan dan fasilitas yang akan masyarakat dapatkan saat menikmati LRT Jakarta?. Berikut petikan wawancara Liputan6.com dengan Direktur Keuangan dan Administrasi PT LRT Jakarta Solihin Djaelani.

1. LRT mampu menampung seberapa banyak penumpang untuk sekali jalan, dan berapa frekuensi perjalanan setiap harinya?

Stasiun pertama kita itu di Pegangsaan sampai Velodrome, jaraknya sekitar 60 km, ada 6 stasiun diantara jarak tersebut.

Untuk target seharinya kita targetkan 14.255 penumpang. Dan sekali jalan, beroperasi di waktu-waktu yang tidak sibuk itu, 1 rangkaian atau 2 kereta kapasitasnya bisa sekitar 270 orang. Dengan komposisi orang yang berdiri santai atau tidak berdesak-desakan itu sekitar 270 orang.

Dalam sehari kita targetkan 150 kali perjalanan. Namun antara hari kerja dengan akhir pekan berbeda. Akhir pekan mungkin lebih banyak tripnya.

2. Kondisi stasiun LRT Jakarta bersih sekali, kemudian nyaman. Terkait hal ini,  bagaimana tanggapan masyarakat usai adanya uji coba atau sosialisasi LRT Jakarta?

Tanggapan masyarakat cukup positif ya. Penduduk DKI banyak yang ingin merasakan moda transportasi baru setelah ada MRT Jakarta, kemudian kita punya LRT Jakarta. Jadi antusias penduduk DKI itu sangat luar biasa.

Banyak masyarakat yang melakukan pengajuan untuk menjajal LRT Jakarta dan Alhamdulillah sehari itu pada 17 Maret bisa mencapai 1.000 orang.

Agustus sampai September kita pernah sosialisasi dan kita mengangkut sekitar 20 ribu orang pada saat uji coba. Jadi ada orang-orang yang sengaja memang kita undang, misalnya seperti sekolah-sekolah yang dekat dengan kereta atau penduduk sekitar stasiun sini. Kita harapkan antusiasmenya ini semakin meningkat.

3. Apa benar nantinya LRT, MRT, dan TransJakarta bakal terintegrasi. Ini artinya masyarakat cukup membayar sekali untuk semua transportasi itu? 

Semua model transportasi tentu tidak bisa menyelesaikan masalah tanpa satu sama lain dapat terintegrasi.

Jadi seharusnya memang MRT Jakarta bisa sebagai feeder untuk TransJakarta. TransJakarta bisa sebagai feeder untuk LRT Jakarta dan seterusnya. Sehingga semuanya bisa naik kendaraan umum. Saat ini LRT stasiunnya banyak bersingungan dengan TransJakarta.

Jadi penumpang TransJakarta bisa langsung naik LRT tanpa harus keluar dari areanya atau penumpang LRT bisa masuk ke halte Transjakarta. Kita juga sedang berusaha membangun skybridge di stasiun Velodrome kita menuju ke Halte Rawamangun.

 

Rangkaian kereta LRT rute Kelapa Gading-Velodrome saat melakukan uji coba dari Stasiun Velodrome, Jakarta, Senin (25/2). Saat ini pembangunan LRT Kelapa Gading-Velodrome secara keseluruhan sudah mencapai 99,4 persen.  Merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

4. Dengan ketiga moda dapat terintegrasi, apa manfaat yang bakal diperoleh masyarakat Indonesia?

Keinginan Pemprov DKI itu dengan dibangunnya fasilitas dan moda transportasi bisa menyelesaikan kemacetan. Namun bukan hanya kemacetan saja tetapi bagaimana dapat mengurangi polusi supaya bisa menciptakan kehidupan wiraswasta kita lebih efektif dan efisien.

Coba anda bayangkan misalnya sehari di Jakarta ini kita bisa melakukan rapat hanya sebanyak 2 kali saking macetnya. Namun karena moda transportasi yang terintegrasi, kita bisa 3 atau 4 kali meeting karena lebih efisien. Kita doakan semuanya bisa berjalan dengan lancar kedepannya.

5. Terkait persoalan kebersihan, apakah ada regulasi khusus yang mengatur aksi vandalism atau coretan pada fasilitas umum seperti LRT Jakarta ini?

Tentu ada sanksinya, namun sanksi ini bukan kewenangan kita yang menentukan. Di peraturan itu kita tidak bisa menetapkan sanksi. Mungkin ada sanksi pidana.

Yang pasti moda transportasi umum harus kita jaga karena merupakan aset bangsa.

6. Belajar dari negara-negara penyedia LRT Jakarta, bagaimana membangun kedispilinan warga supaya ikut merawat transportasi LRT?

Apa yang sudah dibangun jika tidak bisa dirawat dan dijaga dengan baik maka akan sia-sia. Tetapi saya rasa penduduk DKI sudah mulai terbiasa dengan hasil bersama-sama ini.

Kita ambil contoh, kita pernah paksakan peraturan mereka harus tetap membeli tiket di commuter line seperti membeli tiket, mengantri. Itu tahap awal dipaksakan agar pengguna mau disiplin tapi saya rasa ini sudah memberikan dampak banyak setidaknya dengan beli tiket sebelum masuk, mengantri, itu telah memberikan modal tahap awal buat kita.

Di tempat kita tahap-tahap awal banyak staf-staf yang membantu penumpang. Misalkan tidak melewati garis kuning pada saat berjalan, mengutamakan penumpang dari dalam untuk keluar. Itu akan kita sosialisasikan supaya nanti mereka terbiasa.

Hal lainnya ialah banyak sign-sign, papan penunjuk jalan yang nanti bakal kita pasang terkait dengan pelayanan dan kenyamanan mereka.

 

Ingin tahu wawancara lengkapnya, simak dalam video berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cap Jempol di Amplop Serangan Fajar Bowo Sidik, Tanda Apa?

Posted: 28 Mar 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap suap yang diterima anggota Komisi VI DPR RI Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso akan dijadikan serangan fajar pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 400 ribu amplop disiapkan Bowo untuk serangan fajar.

Amplop-amplop tersebut berisi pecahan Rp 20 ribu dan Rp 50 ribu yang sudah di siapkan di dalam 84 kardus. Berdasarkan penghitungan sementara, jumlah uang yang ada di amplop tersebut Rp 8 miliar.

Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, amplop-amplop tersebut akan digunakan Bowo Sidik untuk serangan fajar dirinya yang akan kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024.

"Berdasarkan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan (Bowo), amplop tersebut untuk serangan fajar pada pemilihan legislatif (Pileg), tak ada kaitannya dengan Pilpres," ujar Basaria di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (28/3/2019) malam.

Namun ada kejanggalan di balik 400 ribu amplop yang akan dijadikan serangan fajar untuk kepentingan Bowo di Pileg 2019. Bowo Sidik kembali maju sebagai calon legislator Senayan daerah pemilihan Jawa Tengah II.

Kejanggalan makin menguat saat tim Satgas KPK mengambil beberapa amplop dalam kardus dan memperlihatkannya kepada awak media. Terlihat cap jempol berwarna hijau di ujung amplop tersebut.

 

Kata KPK

Awak media kemudian meminta kepada pihak KPK, dalam hal ini Basaria Panjaitan dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah untuk kembali memperlihatkan amplop-amplop tersebut untuk menegaskan bahwa cap jempol tersebut tidak ada.

"Apa ada cap jempol? Kita pastikan tidak ada," kata Basaria.

Basaria mengatakan hal tersebut setelah berunding terlebih dahulu dengan Febri. Entah apa yang dibahas Basaria dan Febri usai awak media meminta tim Satgas kembali memperlihatkan amplop tersebut.

"Mungkin besok kalau sudah diperlukan, tapi seizin penyidik. Hasil pemeriksaan tim kita, dia katakan uang sama tujuan untuk serangan fajar, itu pengakuan dari dia untuk kepentingan dia karena ingin mencalonkan diri lagi jadi anggota DPR," kata Basaria.

Senada dengan Basaria, Febri pun menolak membuka satu dari ratusan ribu amplop tersebut. Menurut Febri, ada prosedur hukum yang harus dilakukan jika harus membuka meski hanya satu amplop.

"Amplop-amplop di dalam kardus yang ada tadi dalam posisi dilem (perekat). Untuk mengubahnya dibutuhkan berita acara karena ada prosedur mengubah barang bukti. Nanti kalau majelis hakim di persidangan membutuhkan untuk dibuka, maka akan dilakukan," kata Febri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Profil Bowo Sidik Pangarso, Anggota DPR yang Ditangkap KPK

Posted: 28 Mar 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menangkap salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada hari Rabu, 28 Maret 2019 dini hari. Anggota DPR yang tertangkap adalah Bowo Sidik Pangarso yang merupakan anggota DPR RI Komisi VI Fraksi Golongan Karya (Golkar).

Bowo Sidik Pangarso ditangkap oleh KPK atas kasus dugaan suap terkait distribusi pupuk yang melibatkan pejabat PT Pupuk Indonesia dan petinggi PT Humpuss Intermoda Transportasi (HITS). Status Bowo Sidik Pangarso telah menjadi tersangka bersama dua orang lainnya yaitu IND dari pihak swasta dan pemberian suap kepada ASW selaku Marketing Manager PT Humpuss Transportasi Kimia (HTK).

Penangkapan Bowo Sidik Pangarso dari kediamannya langsung diamankan KPK. Bowo terlihat langsung menggunakan rompi tahanan berwarna oranye dan diborgol. Diduga ia menerima uang suap tak hanya dari satu perusahaan karena KPK menemukan barang bukti sejumlah uang senilai Rp 8 miliar.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara ini (uangnya) tidak semuanya dari PT HTK. Nanti dari mana saja masih dalam pengembangan," ujar Basaria di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2019).

Profil dan Perjalanan Kareir Bowo Sidik Pangarso

Anggota DPR dari Fraksi Golkar Bowo Sidik Pangarso (BSP) dikawal petugas usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (28/3). KPK menetapkan BSP, Asty Winasti dan Indung terkait dugaan suap pelaksanaan kerja sama pengangkutan di bidang pelayaran. (merdeka.com/Dwi  Narwoko)

Bowo Sidik pangarso lahir di Mataram pada tanggal 16 Desember 1968. Ia menjabat sebagai DPR RI Komisi VI Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi, UKM & BUMN, Standarisasi Nasional dari Partai Golongan Karya.

Bowo ditangkap oleh KPK pada dini hari di kediamannya yaitu Jl. Bakti Kav. 2 RT 003 RW 007, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta. Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai Auditor di BDNI (Bank Dagang Negara Indonesia) sebuah bank swasta yang kini menjadi bagian dari Bank Mandiri.

Kemudian Bowo sempat menjabat sebagai direktur PT. Inacon Luhur Pertiwi. Pada April 2015 ia ditugaskan oleh Partai Golkar di Komisi VIII bidang agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. Kemudian awal Januari 2016 ia pindah ke Komisi VII.

Akhir Januari 2016 ia menerima surat dari Setya Novanto yang berisi ia dipindahkan ke Komisi VI DPR RI dan menempati posisi sebagai anggota Badan Anggaran dan Badan Musyawarah.

Bowo Diberhentikan dari Partai Golkar Atas Kasus Suap

Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus didampingi Ketua DPP Ace Hasan Sadzilly menyampaikan keterangan pers di kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Kamis (28/3). Partai Golkar memecat Bowo Sidik Pangarso yang kena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dilansir dari Merdeka oleh Liputan6.com, Jumat (29/3/2019) Partai Golkar menyatakan memberhentikan Bowo Sidik Pangarso yang terkena operasi tangkap tangan KPK pada Rabu dini hari.

"Partai Golkar telah mengambil langkah-langkah organisasi yang tegas sesuai dengan AD/ART untuk memberhentikan Saudara Bowo Sidik," ujar Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk F. Paulus di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Kamis (28/3) dikutip dari Merdeka.

Lodewijk menegaskan bahwa komitmen untuk mewujudkan Golkar bersih. Ia juga mengimbau dan mengingatkan pasa seluruh anggota fraksi Golkar DPR RI untuk tidak melakukan korupsi dan melanggar Pakta Integritas.

"Partai Golkar tidak akan menoleransi kepada kader yang melakukan tindakan koruptif tersebut dan memberikan sanksi yang tegas kepada kader yang melakukannya," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jamu Tira Persikabo, Persebaya Andalkan 5 Pemain Timnas Indonesia

Posted: 28 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Persebaya Surabaya akan menjamu Tira Persikabo di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (29/3/2019) pada babak delapan besar Piala Presiden 2019, yang akan disiarkan langsung oleh Indosiar.

Di pertandingan ini, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman (Djanur), akan mengandalkan tiga pemain Timnas Indonesia senior, Otavio Dutra Ruben Sanadi dan Hansamu Yama. Djanur menegaskan, kondisi fisik mereka sudah fit, meski baru tiba di Surabaya, dua hari lalu.

Selain itu, Bajul Ijo, sebutan Persebaya, juga mendapat tambahan amunisi dari pemainnya yang juga balik dari Timnas Indonesia U-23 Otavio Dutra dan Rachmat Irianto.

"Kalo ditanya kondisi pemain timnas, selama menjalani tugas negara mereka juga berlatih dengan sangat baik. Tidak masalah," kata Djanur seperti dikutip dari situs resmi Persebaya.

Kehadiran lima pemain timnas itu disambut gembira oleh Djanur. Mereka akan menjadi tambahan amunisi yang bagus untuk skuat Bajul Ijo.

"Saya bersyukur pemain timnas sudah di Surabaya, sudah bergabung. Tentu saja mereka akan menjadi tambahan kekuatan yang signifikan bagi Persebaya," ujar mantan pelatih Persib itu.

 

Taktik Djanur

Piala Presiden: Persebaya Surabaya vs Tira Persikabo. (Bola.com/Dody Iryawan)

Di laga melawan Tira-Persikabo, Djanur menaruh perhatian khusus kepada Osas Saha. Pemain naturalisasi tersebut sudah mencetak tiga gol di Piala Presiden 2019.

Nantinya dalam menghadapi Osas Saha, Djanur akan mengandalakan dua full back Persebaya, Novan Setya Sasongko dan Ruben Sanadi. Mereka harus bergantian mengawal pergerakan Osas Saha.

"Dua full back Persebaya, Novan Setya Sasongko maupun Ruben Karel Sanadi harus mewaspadainya. Pun demikian dengan pemain lawan lainnya. Jangan sampai ada yang bergerak bebas mengancam pertahanan," ujar Djanur, yang pernah melatih Persib Bandung.

 

Target Persebaya

Tentunya, target Persebaya saat menjamu Tira-Persikabo adalah kemenangan. Namun, Djanur juga ingin menjuarai Piala Presiden untuk yang kedua kalinya setelah bersama Persib pada 2015.

"Saya targetnya semifinal dulu lah, step by step. Itu saya target saya di Piala Presiden tahun ini. Nanti misal sudah masuk semifinal ditanya lagi," ucapnya menegaskan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Pemilu 2019 Jangan Membuat Luka Baru di Masyarakat

Posted: 28 Mar 2019 09:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menggugah kesadaran semua pihak agar pelaksanaan Pemilu 2019 jangan sampai membuat luka baru di masyarakat. Dari hasil kunjungan ke berbagai daerah, rakyat banyak yang mengeluh lantaran lelah melihat pertikaian elite politik di televisi maupun di media sosial. Pemilu yang seharusnya dihadapi dengan adu ide dan gagasan, malah diwarnai dengan berbagai hujatan.

"Dengan mengedepankan rasa persaudaraan sebangsa, Forum Silaturahmi Anak Bangsa berhasil menutup dan menyembuhkan berbagai luka yang terjadi di awal-awal masa kemerdekaan. Jangan sampai menjelang 74 tahun Kemerdekaan Indonesia, kita justru membuat dan mewarisi luka baru akibat Pemilu 2019," ujar Bamsoet saat membuka pertemuan Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) bertema 'Pemilu Mempersatukan Bangsa' di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (28/03/19).

Berbagai tokoh nasional tampak hadir dalam acara tersebut, antara lain Rosan Roeslani (Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Maruf Amin), Ahmad Riza Patria (Juru Debat Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto - Sandiaga Uno), Viryan Azis (Komisioner KPU), Sidarto Danusubroto (Anggota Dewan Pertimbangan Presiden), Sudarmo (Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri), Ketua Umum FSAB Suryo Susilo, Sarjono Kartosoewirjo (putera SM Kartosoewirjo), Ilham Aidit (putera DN Aidit), Catherine Pandjaitan (puteri Mayjen TNI Anumerta DI Pandjaitan), Djoko Purwongemboro (mantan Ketua Umum Pemuda Panca Marga) dan Witaryono Reksoprodjo (Koordinator Tim Advokasi Korban '65).

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegera, dan Kebumen ini mengingatkan jelang hari pencoblosan tanggal 17 April nanti, fenomena saling serang, fitnah, berita bohong (hoax) serta ujaran kebencian masih terus didengungkan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Ironisnya, banyak masyarakat yang memercayai serta tidak sadar kondisi gaduh seperti itu berpotensi besar memecah belah bangsa Indonesia.

"Pemilu tinggal 20 hari lagi. Elite politik dan para Tim Kampanye Capres-Cawapres harus memastikan para pendukungnya menggunakan cara-cara yang bijaksana dalam berkampanye. Mari hadapi Pemilu ini dengan penuh keceriaan, bukan dengan kebencian," tutur Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, mewujudkan integrasi nasional bukanlah hal yang mudah. Karenanya, semua pihak harus mampu melepaskan ego maupun identitas dasarnya demi satu tujuan, yakni kejayaan Indonesia.

"Integrasi nasional yang akan menentukan eksistensi bangsa harus dipertahankan. Alangkah mirisnya jika integrasi yang dengan susah payah diwujudkan, harus tercerai berai akibat satu hal saja, seperti Pemilu misalnya," tegas Bamsoet.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga menghimbau masyarakat agar tidak terlalu larut dalam akrobat politik yang dijalankan oleh para elite politik. Karena pasca Pemilu 2019, tidak menutup kemungkinan para elite politik yang tadinya berseberangan, justru akan bergabung dalam satu barisan. Jangan sampai justru di akar rumput, rakyat masih terjebak dalam kubangan kebencian akibat 'sampah' kampanye yang tidak mencerdaskan.

"Kita sedang berdemokrasi yang mengedepankan rasionalitas. Bukan sedang bercinta, karena itu tak usah terlalu dibawa ke perasaan. Pilihlah pasangan yang dirasakan bisa membawa perbaikan, tanpa perlu memusuhi orang lain yang berbeda pilihan," pungkas Bamsoet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Cerita, Lagu Baru Lesti yang Kental Nuansa Pop

Posted: 28 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lesti salah satu pemenang ajang pencarian bakat D' Academy, memiliki suara yang merdu dan mampu membawa pendengarnya hanyut dalam penghayatan.

Lagu perdana Lesti "Kejora" juga sempat populer dan memliki banyak penggemar.

Kali ini Lesti kembali mengeluarkan lagu terbarunya yang berjudul "Ada Cerita". Dalam lagu ini, Lesti memberikan sesuatu yang baru untuk para penggemarnya. Dalam lagu "Ada Cerita" ini kental dengan alunan musik pop nya.

Walaupun begitu, lagu yang bercerita tentang kisah cinta yang tidak bisa menyatu ini Lesti tidak menghilangkan unsur dangdutnya.

Ingin Menyanyikan Genre Lain

Selain membawakan lagu bergenre Pop Dangdut (Popdut), Lesti juga ingin mencoba hal yang baru dalam karir bermusiknya. Lesti ingin mempunyai lagu yang memiliki unsur rap, rnb, sampai jazz.

Lesti sempat khawatir jika lagu barunya ini tidak banyak yang suka. Namun, Lesti malah mendapatkan banyak apresiasi dari para penggemarnya. Bahkan, video klip "Ada Cerita" setelah 3 jam pertama diunggah, sudah bisa meraih 100 ribu penonton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terinspirasi Drama Grey's Anatomy, Pasien HIV Donorkan Ginjalnya

Posted: 28 Mar 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Seorang dokter di Amerika Serikat (AS), untuk pertama kalinya dalam sejarah, melakukan operasi donor ginjal dari orang dengan HIV ke pasien yang lain yang jadi penerimanya.

Operasi yang menantang dan sulit itu, salah satunya bertujuan agar masyarakat memandang HIV "secara berbeda". Bahwa virus itu bukan vonis mati. 

Operasi berlangsung pada Senin, 25 Maret 2019 di John Hopkins, Baltimore, Maryland, AS. Pasca-tindakan, kedua pasien dinyatakan dalam kondisi baik.

 

"Ini adalah pertama kalinya, seseorang yang hidup dengan HIV, diizinkan untuk menyumbangkan ginjal di dunia," kata Dr. Dorry Segev dalam rilisnya, sebagaimana dikutip dari BBC News pada Jumat (29/3/2019).

Nina Martinez (35), mendonorkan ginjal untuk seseorang yang hidup dengan AIDS, yang identitasnya tak diungkap.

Sebelumnya, pasien positif HIV hanya bisa mendapatkan organ dari pasien serupa yang telah meninggal dunia. Bukan dari orang dengan HIV yang masih hidup.

Alternatif lainnya, mereka bisa mendapatkan organ dari orang yang tidak terinfeksi HIV. 

Sebelumnya, dokter tak membolehkan pasien HIV yang masih hidup mendonorkan salah satu ginjalnya. Sebab, dikhawatirkan ginjal satunya berisiko rusak dari virus atau efek samping pengobatan yang dijalani. 

Namun, saat ini telah terdapat obat anti-retroviral jenis baru yang digunakan untuk menangani HIV, yang dianggap aman untuk ginjal pasien.

Dr Christine Durand, seorang pengajar ilmu kedokteran dan onkologi di John Hopkins mengatakan, tak mudah untuk melakukan operasi tersebut. Namun, hal itu penting dilakukan demi kemajuan dunia medis. 

"Penerima sangat berterima kasih atas pemberian tersebut. Sekarang kami memantau kondisi pasien dalam jangka panjang," kata Durand.

Terobosan ini mengikuti perkembangan penting lainnya dalam pengobatan HIV.

Sebelumnya, pasien asal Inggris dinyatakan 'sembuh' dari HIV setelah menerima transplantasi sel induk atau sel punca (stem cell) dari seorang donor yang resistan terhadap HIV.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Terinspirasi dari Drama

Ilustrasi Human Immunodeficiency Virus (HIV) (iStock)

Pendonor, Nina Martinez, yang berasal dari Atlanta, mengaku terinspirasi untuk menyumbangkan ginjalnya dengan sebuah episode drama "Grey's Anatomy".

Terinspirasi dari tayangan itu, ia mengaku sangat bersemangat untuk menjadi bagian dari sebuah terobosan medis yang baru kali pertama dilakukan di dunia.

"Saya tahu bahwa saya adalah yang mereka tunggu-tunggu," kata dia. Martinez berharap pasien HIV lain bersedia menjadi donor.  "Bagi siapa pun yang mempertimbangkannya, itu terbukti bisa dilakukan."

Ia juga mengatakan bahwa kondisinya baik pasca-operasi.

"Saya baru saja membuktikannya...dan saya sangat bersemangat untuk menanti yang berikutnya." 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Presiden: 3 Pemain Tira Persikabo yang Wajib Diwaspadai Persebaya

Posted: 28 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tira Persikabo tampil pantang menyerah pada penyisihan grup Piala Presiden 2019 yang disiarkan Indosiar. Skuat racikan Rahmad Darmawan ini lolos ke babak delapan besar sebagai runner-up Grup A, di bawah Persebaya Surabaya dan di atas Persib Bandung serta Perseru Serui.

Di fase grup, Tira Persikabo begitu perkasa. Raihan dua kemenangan dan sekali imbang menjadi buktinya. Persib selaku tuan rumah Grup A dikalahkannya dengan skor tipis, 2-1.

Kemenangan kedua The Army terjadi ketika membungkam Perseru 3-2. Padahal, di pertandingan itu, tim yang berafiliasi dengan TNI ini mengakhiri permainan dengan sepuluh orang setelah Osas Saha diusir ke luar lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua.

Di matchday ketiga, Tira Persikabo diredam oleh Persebaya. Kedua tim hanya bermain imbang kacamata. Uniknya, ketika drawing babak Piala Presiden digelar, kedua tim dipertemukan kembali di fase perempat final.

Partai yang berstempel sebagai 'rematch' ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Jumat (29/3/2019).

Untuk misi mengalahkan Persebaya dan melaju ke babak semifinal Piala Presiden, Bola.com akan mengupas tiga pemain andalan kubu lawan. Berikut sajiannya:

Osas Saha

Pemain Tira Persikabo, Osas Saha, berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Persib Bandung, pada Piala Presiden 2019 di Si Jalak Harupat, Bandung, Sabtu (2/3/2019). (Bola.com/Aditya Wany)

Osas Marvelous Ikpefua atau yang karib dipanggil Osas Saha tidak berhenti mencetak gol di babak penyisihan Piala Presiden sebelum wasit mengeluarkannya ketika Tira Persikabo berhadapan dengan Perseru.

Total, Osas telah membukukan tiga gol, termasuk dua gol yang diciptakannya saat Tira Persikabo menjungkalkan Persib di markasnya sendiri.

Setelah melewati pertandingan kontra Persebaya pada matchday pamungkas Grup A, Osas bakal disiapkan untuk mengobrak-abrik tim kebanggaan Bonek itu pada babak delapan besar Piala Presiden.

Osas akan bahu-membahu di lini depan Tira Persikabo bersama Loris Arnaud demi misi membogol gawang Persebaya.

Loris Arnaud

Striker Tira Persikabo, Loris Arnaud. (Bola.com/Aditya Wany)

Loris Arnaud adalah ujung tombak Tira Persikabo. Meski begitu, bomber asal Prancis ini kerap dijaga ketat pemain lawan. Sehingga, perannya bukan hanya mencetak gol, tapi sekaligus sebagai pengalih perhatian barisan belakang.

Sepanjang penyisihan grup Piala Presiden, Arnaud baru membukukan sebiji gol. Tapi, tenang, perannya amat vital di atas lapangan. Karena sering mendapat atensi berlebih dari bek lawan, Osas Saha pun muncul dari lini kedua untuk mengambil peran Arnaud sebagai pemburu gawang lawan.

Ciro Alves

Ciro Henrique dan Loris Arnaud (kanan), pemain asing Tira Persikabo. (Bola.com/Aditya Wany)

Posisinya adalah gelandang. Namun, naluri menyerang Ciro Alves begitu tinggi. Buktinya, pemain asal Brasil itu mampu bersumbangsih atas satu gol Tira Persikabo di babak penyisihan Piala Presiden.

Ciro Alves menyalakan alarm bahaya bagi lini pertahanan Persebaya. Tusukannya ke dalam kotak penalti lawan kerap membuahkan peluang emas. Dengan begitu, atensi lebih harus diberikan kepada pemain berusia 29 tahun ini.

Sumber: Bola.com

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaung Gebyar Pesona Budaya Garut Semakin Kencang

Posted: 28 Mar 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Garut Tahun ini, Kabupaten Garut memasuki usia ke-206 tahun. Dan seperti biasa, rangkaian kegiatan Gebyar Pesona Budaya Garut akan kembali digelar. Pelaksanaan event ini terasa spesial dalam dua tahun terakhir. Alasannya pada tahun 2018 dan 2019, Gebyar Pesona Budaya Garut masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Dengan kata lain, gaungnya terdengar lebih nyaring dari biasanya.

Tahun 2018 lalu, Menpar hadir dan membuka acara ini. Tahun ini, Menpar kembali dijadwalkan hadir serta membuka event. Hal ini tentu membanggakan. Karena, dengan status 100 Wonderful Event, dukungan untuk Gebyar Pesona Budaya Garut jelas lebih masif dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Promosi pun dilakukan lebih intensif dan melalui berbagai platform.

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Adella Raung mengatakan, tahun ini pelaksanaan Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 akan berlangsung lebih istimewa dari biasanya.

"Gebyar Pesona Budaya Garut adalah perayaan dari Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Garut. Event ini sudah berlangsung selama 17 tahun. Pelaksanaannya sangat konsisten. Tapi, dalam dua tahun belakangan terasa lebih spesial. Karena, sudah menjadi bagian dari Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Benyarnya akan lebih terasa lagi," katanya, Rabu (27/3).

 

Tahun ini , tema yang diangkat adalah Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang. Yang kurang lebih artinya adalah Melestarikan Budaya Bangsa untuk Dikenal di Mancanegara.

Tahun ini , tema yang diangkat adalah Garut Tandang Ngahibarkeun Dangiang. Yang kurang lebih artinya adalah Melestarikan Budaya Bangsa untuk Dikenal di Mancanegara.

"Inti dari tema itu adalah semangat para stakeholder di Garut untuk bersama-sama mengangkat potensi budaya agar lebih dikenal lebih luas di mancanegara. Event ini menginspirasi seniman, budayawan, pelaku usaha pariwisata Garut untuk berbuat sesuatu. Momennya adalah prosesi dan Helaran Budaya yang menjadi bagian Gebyar Pesona Budaya Garut," jelas Adella.

Sedangkan Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan mengatakan, agenda dalam Gebyar Pesona Budaya Garut 2019 sangat padat. Karena, berbagai keunggulan budaya Garut akan disajikan.

"Acara sudah dimulai sejak pagi. Pementasan budaya juga langsung digelar sejak awal. Ada Cigawiran, ada juga pementasan alat musik tradisional angklung dan arumba. Juga pemecahan rekor bermain alat musik celentuk. Tapi yang paling ditunggu adalah helaran budaya alias karnaval budaya," katanya.

Helaran budaya akan diikuti 41 kontingen. Terdiri dari komunitas dan perwakilan dari berbagai daerah di Jawa Barat dan sejumlah provinsi di Indonesia. Namun yang paling ditunggu adalah pementasan musik di malam hari. Karena akan menghadirkan penyanyi top nasional.

Selain itu, Gebyar Pesona Budaya Garut juga mendapatkan dukungan dari Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah. Menurut Wawan, Ferdiansyah selama ini sudah memperlihatkan kepeduliannya kepada pariwisata Jawa Barat.

 

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan Gebyar Pesona Budaya Garut adalah momen tepat untuk mengangkat potensi wisata yang ada di daerahnya.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan Gebyar Pesona Budaya Garut adalah momen tepat untuk mengangkat potensi wisata yang ada di daerahnya.

"Momen ini harus dimanfaatkan. Karena, saat event dimulai, perhatian wisatawan akan tertuju ke Garut. Saat itulah kita mengenalkan kekayaan alam, budaya, dan buatan yang kita miliki. Kita sampaikan jika Garut tu indah, Garut itu ramah, dan budayanya keren," kata Bupati, didampingi Kepala Dinas Pariwisata Garut Gan Gan Gumilar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung pelaksanaan Gebyar Pesona Budaya Garut. Karena mampu melestarikan budaya.

"Event ini sudah berlangsung 17 tahun dan sangat konsisten mengangkat budaya Garut dan Jawa Barat. Kemasan eventnya juga bagus. Karena selalu melibatkan masyarakat. Garut mampu mengartikan budaya semakin dilestarikan, semakin menyejahterakan," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

London Has Fallen, Ini 5 Fakta Menarik Pemain Utamanya

Posted: 28 Mar 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sekuel film Olympus Has Fallen berjudul London Has Fallen, memang tidak pernah membosankan untuk ditonton. Film tersebut menceritakan kisah lanjutan dari Olympus Has Fallen tentang serangan teroris terhadap pemimpin dunia.

Jika Olympus Has Fallen berpusat pada penyelamatan Presiden Amerika Serikat dari serangan teroris, London Has Fallen mengakhiri aksi balas dendam teroris yang dikira sudah mati. Gerard Butler, pemeran utama dengan sukses memerankan tokoh Mike Banning sebagai agen rahasia yang bertugas melindungi presiden.

Akting Benjamin Asher sebagai Presiden AS yang diperankan oleh Aaron Eckhart, pun tak kalah menariknya di film London Has Fallen. Meski dirinya diceritakan dilindungi oleh sang agen rahasia, namun sang presiden tidak sepenuhnya sembunyi di balik Mike Banning begitu saja.

Kesuksesan aksi upaya penyelamatan Presiden AS tidak semata-mata dilakukan oleh Mike Banning saja. Terdapat orang-orang di belakang layar yang selalu membantu memonitor gerak-gerik Banning dan Presiden Asher hingga selamat dari serangan.

Fakta Menarik 5 Pemeran Utama Film London Has Fallen

London Has Fallen (Sumber: Cineplex)

Yaitu Morgan Freeman yang memerankan tokoh Allan Trumbull, yang menjadi juru bicara White House di season pertama. Lalu naik jabatannya menjadi Wakil Presiden AS berkat kegigihannya melindungi Presiden AS. Selain dirinya, ada pula 2 pemeran lain yang menjadi alasan serunya film ini untuk ditonton.

London Has Fallen yang tayang 3 tahun silam ini masih saja menarik perhatian penggemar film laga. Pasalnya, meski ditayangkan ulang di TV Nasional, London Has Fallen berhasil menduduki 10 peringkat atas trending topik di Indonesia.

Para aktor yang berperan dalam film tersebut akan sayang jika dilewatkan. Untuk itu, yuk kupas tuntas fakta menarik dari para pemeran utama London Has Fallen, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (29/3/2019).

Gerard Butler dan Aaron Eckhart

Gerard Butler (Sumber: The Hollywood Reporter)

1. Gerard Butler

Aktor pemilik nama lengkap Gerard James Butler adalah pria kelahiran tahun 1969 yang memulai debutnya saat masih berusia 27 tahun. Tak hanya jago akting, Gerard Butler rupanya adalah siswa terpandai di kelasnya, lho. Meski bekerja di industri hiburan, Ia merupakan seorang sarjana hukum di Glasgow University.

Ketika namanya semakin dikenal publik, Gerard seringkali digosipkan kerap gonta-ganti pacar. Usut punya usut, rupanya Gerard pernah menyimpan perasaan yang tak tersampaikan untuk Priyanka Chopra yang kini sudah menjadi istri Nick Jonas. Pada akhir tahun 2018 lalu, rumah Gerard hangus terbakar dalam insiden kebakaran dahsyat di California.

2. Aaron Eckhart

Presiden Benjamin Asher yang diperankan oleh Aaron Eckhart turut menjadi pusat perhatian penonton dalam film London Has Fallen. Aktor tampan ini mungkin terlihat lebih muda dari Gerard Butler, namun ternyata usianya 1 tahun lebih tua darinya.

Aaron sukses memerankan sosok presiden karena wajahnya yang penuh dengan kharisma. Meski terlihat kurang menonjol dibanding Gerard, namun aktor ini menjadi bumbu penyedap suksesnya film laga ini. Aaron baru saja merayakan ulang tahunnya pada 12 Maret lalu.

Morgan Freeman, Angela Bassett, dan Alon Moni Aboutboul

Morgan Freeman. (Sumber: AFP)

3. Morgan Freeman

Penggemar film laga Amerika mungkin sangat paham dengan aktor yang satu ini. Bagaimana tidak, Morgan Freeman terbilang amat sering muncul dalam berbagai genre film sehingga wajahnya tak lagi asing di mata penonton.

Dirinya sanggup memerankan berbagai peran, dari tokoh serius hingga konyol. Berkat bakatnya itu, Morgan bahkan pernah memenangkan piala Oscar. Aktor yang kini berusia 81 tahun itu sukses memerankan sosok Wakil Presiden AS dalam London Has Fallen karena keberaniannya melindungi Presiden meski tidak turun langsung seperti Mike Banning.

4. Angela Bassett

Salah satu yang menarik dari film laga London Has Fallen adalah sosok Lynne Jacobs yang diperankan oleh Angela Bassett. Dirinya cukup membuat penonton terpukau dengan perannya sebagai direktur intelijen AS.

Lynne rela mempertaruhkan nyawanya demi melindungi negara dari serangan teroris biadab. Dalam suatu adegan Lynne terbunuh saat berupaya menyelamatkan diri. Angela Bassett memang sangat memukau dengan rambut pendeknya itu. Wanita kelahiran 1958 itu juga bermain di film legendaris Black Panther, lho.

5. Alon Moni Aboutboul

Nah, pasti banyak yang kesal dengan aktor yang satu ini. Ia adalah sosok yang memerankan pemimpin teroris brutal yang hatinya sekeras batu. Alon Moni Aboutboul adalah pria kelahiran 1965 berdarah Israel yang terkenal melalui perannya di film The Dark Knight Rises.

Perannya sebagai pemimpin teroris yang penuh dendam mungkin yang paling melekat di benak penonton. Itu berarti Ia sukses memerankan sosok jahat dengan keahlian aktingnya. Film terbaru Alon Moni Aboutboul kembali menghiasi layar lebar dalam filmnya, Snowfall season 2.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syahrini Pamer Liburan di Swiss, Luna Maya Tak Mau Kalah?

Posted: 28 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, Syahrini dan Reino Barack tengah menikmati liburan bersama di Swiss. Menurut pengakuan Syahrini, kunjungannya ini bukan dalam rangka bulan madu.

Dalam akun Instagram, Syahrini memperlihatkan beberapa foto dirinya tengah berada di Geneva, Swiss.

Salah satunya, saat dirinya tengah menikmati tanaman dalam pot. Tampak Syahrini mengenakan mantel bulu dipadukan dengan kaus cokelat sebagai atasan.

"Good Morning Geneva !" tulis Syahrini, sebagai keterangan foto. 

Tak Mau Kalah?

Luna Maya (Foto: Instagram)

Bukan hanya Syahrini saja yang doyan menghabiskan waktu senggangnya di luar negeri, tapi juga Luna Maya. Ia pun memposting dirinya tengah travelling.

Sayangnya, tak seperti Syahrini, Luna Maya tak memberitahu lokasi tempat dirinya berlibur.

""Travel. Because money returns, time doesn't." #lunamaya #latepost #travelholic," tulis Luna Maya.

Mesra

Syahrini (Foto: Instagram)

Keberadaan Syahrini di Swiss tentunya tidak sendiri. Ia ditemani sang suami, Reino Barack. Keduanya tampak mesra di dalam mobil.

Reino Barack tak melepaskan genggaman tangannya pada Syahrini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Dian Al Mahri, Pendiri Masjid Kubah Emas Meninggal

Posted: 28 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dian Al Mahri pendiri Masjid Kubah Emas meninggal. Jenazah akan disalatkan dan dimakamkan di kompleks masjid tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

P30 Lite Jadi Strategi Huawei Bidik Pasar Lebih Luas di Indonesia

Posted: 28 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Huawei baru saja mengumumkan seri smartphone flagship terbarunya, yakni P30 dan P30 Pro.

Dalam peluncurannya di Paris, Selasa, 26 Maret 2019, diperkenalkan dua model: P30 dan P30 Pro. Namun, rupanya ada satu lagi model yang akan dikeluarkan Huawei berbarengan dengan dua model sebelumnya, yaitu P30 Lite.

Dari namanya, diketahui model ini memiliki teknologi yang lebih rendah dan tentu harganya pun lebih murah.

"Ya, kami punya (P30) versi Lite" ujar CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu di Paris.

Ketiga model ini diperkirakan akan masuk Indonesia pada April 2019 mendatang. Masuknya model Lite akan menjangkau pasar Indonesia yang lebih luas, meski model ini pun tak terbilang produk low-end.

Richard mengakui Indonesia merupakan pangsa pasar yang besar. Saat ini, penjualan smartphone high end Huawei di Indonesia cukup baik.

Untuk itu, meski kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap smartphone low-end masih tinggi, tetapi hal tersebut tidak menyurutkan Huawei menjual produk-produk high end di Indonesia.

"Indonesia itu emerging market. Kami merilis teknologi, tetapi memang berdampak pada cost yang tinggi. Namun, kami tetap berupaya untuk tetap menggarap pasar-pasar besar seperti Indonesia dan India yang lebih tertarik ke produk low-end," ujarnya.

Selain itu, guna memenuhi hasrat masyarakat Indonesia terhadap produk high end, maka Huawei akan membuka flagship store pertama di Indonesia. Berbagai produk high end akan dijual di toko ini, salah satunya seri P30.

Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, mengatakan selain di Erafone dan Lazada, pre-order P30 Series ini bisa dilakukan di toko flagship pertama di Indonesia.

"Serta dalam waktu dekat, Huawei akan memiliki flagship store yang dinamakan dengan Huawei High End Experience Shop," ujar dia.

Masuk Indonesia, Huawei P30 dan P30 Pro Bisa Dipesan 12 April

Richard Yu CEO Huawei Consumer Business Group memamerkan Huawei P30 dan P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Setelah diluncurkan di Paris, smartphone seri Huawei P30 bakal masuk ke Indonesia. Para pencinta gadget bisa mulai memesan P30 dan P30 Pro pada 12 April 2019 mendatang.

"Sesuai dengan komitmen kami untuk selalu menghadirkan smartphone berteknologi mutakhir dan canggih, kami sangat senang akhirnya bisa memperkenalkan seri Huawei P30 kepada masyarakat," ucap Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Rabu (27/3/2019), di Paris, Prancis.

Lo Khing Seng melanjutkan, pre-order duo P30 ini bisa dilakukan di Erafone dan Lazada. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat, Huawei akan membuka toko flagship pertama di Indonesia.

"Serta dalam waktu dekat, Huawei akan memiliki flagship store yang dinamakan dengan Huawei High End Experience Shop," tambahnya.

Lo Khing Seng mengatakan, di flagship store tersebut, konsumen bisa mencoba langsung semua smartphone Huawei serta melakukan pre-order duo seri Huawei P30.

Seri Huawei P30, kata Lo Khing Seng, merepresentasikan sebuah smartphone dengan teknologi terobosan terbaru dalam dunia kamera digital. Perangkat ini akan memberikan persepsi baru tentang fotografi seluler.

"Sejumlah teknologi diciptakan oleh Huawei untuk memaksimalkan kemampuan fotografi pada Huawei P30 Series. Antara lain HUAWEI SuperSpectrum Sensor dan SuperZoom Lens, memungkinkan kita memaksimalkan tidak hanya kemampuan fotografi, tetapi juga tetapi juga kemampuan videografinya," kata Lo Khing Seng.

Dia menyebutkan melalui pemesanan di Indonesia yang jaraknya tidak terlalu jauh dari peluncurannya di Paris, membuktikan keseriusan Huawei untuk membuat konsumen di Tanah Air bisa merasakan dengan cepat teknologi smartphone mutakhir yang dimiliki oleh perusahaan.

Ini Harga Huawei P30 dan P30 Pro

Richard Yu CEO Huawei Consumer Business Group memamerkan Huawei P30 dan P30 Pro. Liputan6.com/Jeko I.R.

Huawei akhirnya memboyong dan memperkenalkan dua smartphone flagship terbarunya, P30 dan P30 Pro di Paris Convention Center, Prancis, Selasa (26/3/2019) pukul 14.00 waktu setempat. 

Seperti seri pendahulunya, P20 dan P20 Pro, Huawei tetap mengedepankan teknologi kamera pada smartphone ini. Perusahaan masih menggandeng Leica untuk menggarap lensa kamera smartphone tersebut.

Adapun highlight yang ditonjolkan pada P30 dan P30 Pro adalah konfigurasi kamera yang semakin mumpuni berkat resolusi 40MP berbekal teknologi SuperSensing.

Huawei P30 juga memiliki kemampuan zoom canggih, mulai dari 3x optical zoom, 5x hybrid zoom, dan 10x digital zoom.

Baik Huawei P30 dan P30 Pro tersedia dalam beberapa varian. P30, misalnya, tersedia dalam varian RAM6GB dan memori internal 128GB.

Adapun untuk P30 Pro tersedia dalam opsi varian RAM 8GB dengan memori internal 128GB, RAM 8GB dengan memori internal 256GB, dan RAM 8GB dengan memori internal 512GB. Semua smartphone sudah mulai tersedia di pasaran mulai hari ini. 

Adapun untuk harga, berikut daftar lengkapnya sebagaimana diungkap langsung oleh Richard Yu selaku CEO Huawei Consumer Business Group. 

Berikut ini harga lengkapnya:

Huawei P30 RAM6GB + memori internal 128GB: 799 euro atau setara dengan Rp 12,8 jutaan

Huawei P30 Pro RAM8GB + memori internal 128GB: 999 euro atau Rp 16 jutaan

Huawei P30 Pro RAM8GB + memori internal 256GB: 1.099 euro atau Rp 17,6 jutaan

Huawei P30 Pro RAM8GB + memori internal 512GB: 1.249 euro atau Rp 20 jutaan

(Nia/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dubrovnik, Kota Tua di Kroasia yang Jadi Wisata Populer

Posted: 28 Mar 2019 09:29 PM PDT

Wisatawan berfoto di benteng kota tua Dubrovnik di Kroasia pada 28 Maret 2019. Kota tua Dubrovnik  yang telah dianugerahi UNESCO sebagai warisan dunia menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk terbang atau berlayar ke kota yang dikelilingi pulau ini. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan berfoto di benteng kota tua Dubrovnik di Kroasia pada 28 Maret 2019. Kota tua Dubrovnik yang telah dianugerahi UNESCO sebagai warisan dunia menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan untuk terbang atau berlayar ke kota yang dikelilingi pulau ini. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan berjalan di atas benteng kota tua Dubrovnik pada 28 Maret 2019. Tahun lalu lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Dubrovnik, kota yang paling banyak dikunjungi di Kroasia. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan berjalan di atas benteng kota tua Dubrovnik pada 28 Maret 2019. Tahun lalu lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Dubrovnik, kota yang paling banyak dikunjungi di Kroasia. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan beristirahat di Stradun, jalan utama kota tua Dubrovnik di Kroasia pada 28 Maret 2019. Stradun, atau lebih dikenal dengan Plaka menjadi daya tarik utama para pengunjung yang hilir mudik menikmati suasana kota. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan beristirahat di Stradun, jalan utama kota tua Dubrovnik di Kroasia pada 28 Maret 2019. Stradun, atau lebih dikenal dengan Plaka menjadi daya tarik utama para pengunjung yang hilir mudik menikmati suasana kota. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan menikmati kopi dari puncak Bukit Srd menghadap ke kota tua Dubrovnik pada 28 Maret 2019. Tahun lalu lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Dubrovnik, kota yang paling banyak dikunjungi di Kroasia. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan menikmati kopi dari puncak Bukit Srd menghadap ke kota tua Dubrovnik pada 28 Maret 2019. Tahun lalu lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Dubrovnik, kota yang paling banyak dikunjungi di Kroasia. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan mengambil gambar dari atas benteng saat mengunjungi kota tua Dubrovnik di Kroasia pada 28 Maret 2019. Dubrovnik  yang telah dianugerahi UNESCO sebagai warisan dunia menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan ke kota yang dikelilingi pulau ini. (Denis LOVROVIC / AFP)

Wisatawan mengambil gambar dari atas benteng saat mengunjungi kota tua Dubrovnik di Kroasia pada 28 Maret 2019. Dubrovnik yang telah dianugerahi UNESCO sebagai warisan dunia menjadi salah satu hal yang menjadi daya tarik wisatawan ke kota yang dikelilingi pulau ini. (Denis LOVROVIC / AFP)

Turis menaiki kereta gantung melewati puncak bukit Srd di atas kota tua Dubrovnik pada 28 Maret 2019. Tahun lalu lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Dubrovnik, kota yang paling banyak dikunjungi di Kroasia. (Denis LOVROVIC / AFP)

Turis menaiki kereta gantung melewati puncak bukit Srd di atas kota tua Dubrovnik pada 28 Maret 2019. Tahun lalu lebih dari 1,2 juta turis mengunjungi Dubrovnik, kota yang paling banyak dikunjungi di Kroasia. (Denis LOVROVIC / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fenomena Langka Air Terjun Gunung Galunggung, Ini Penjelasan BPBD Tasikmalaya

Posted: 28 Mar 2019 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Tasikmalaya Jawa Barat dihebohkan dengan penampakan air terjun yang berada di Gunung Galunggung. Video penampakan air terjun menjelang pukul 15.00 WIB itu diunggah oleh akun @junedd15 dalam akun twitternya miliknya. 

Dalam video amatir yang berdurasi singkat, diabadikan oleh @junedd15 tersebut terlihat warga keluar rumah untuk menyaksikan fenomena alam tersebut, yang memperlihatkan keluarnya air dari Gunung Galunggung.

 

 

"Ini ada turunan air dari kawah gunung galunggung, saya berada di desa Linggajati, Kp Batubulu. Sekarang warga baru keluar untuk melihat air" lapornya melalui video tersebut.

Lalu ia menambahkan

"Air keluar secara tiba, dari kawah Gunung Galunggung harap warga hati-hati" ungkap juned dalam akun twitternya

Penjelasan BNPB Kabupaten Tasikmalaya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya telah memberikan informasi dan penjelasan terkait keluarnya air di Gunung Galunggung melalui akun Twitternya, Kamis (28/3/2019).

Dikutip dari Twitter resminya, @BPDB_KabTasik, dijelaskan air turun dari tebing kawah Galunggung muncul akibat intensitas hujan tinggi.

"PANTAUAN CUACA Kec. Sukaratu, Desa Linggajati, Kp Batubulu terpantau mendung. & terlihat secara visual air turun dari tebing kawah Galunggung. akibat intensitas hujan tinggi. Kondisi kawah saat ini, air yang kluar dari atas masuk ke kawah Galunggung. 15.18 WIB," tulis akun tersebut.

Situasi Terkini Gunung Galunggung

Selain itu juga diinformasikan kondisi pada malam hari pukul 22.00 WIB. Informasi tersebut bersumber dari Pos Pantau Gunung Galunggung. Diinformasikan bahwa aktivitas Gunung Galunggung normal. Kondisi warga sekitar juga terpantau kondusif dan aman.

 

Kronologi Kehebohan Warga Sekitar Gunung Galunggung

Kehebohan Warga Tasikmalaya Jawa Barat ini diawali dengan Video penampakan air terjun yang berada di Gunung Galunggung. Video penampakan air terjun menjelang pukul 15.00 WIB itu diunggah oleh akun mariana.risoles di ke laman Facebook miliknya.

Ketika hal ini ramai, banyak sekali warga yang mulai keluar rumah untuk melihat ke Gunung Galunggung, salah satunya adalah @junedd15 yang akhirnya mengabadikan video fenomena air terjun yang berada di Gunung Galunggung, karena posisinya berada dekat, ia berada di Desa Linggajati, Kp Batubulu.

Laporan tertulis petugas Pos PVMBG setempat kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya menyatakan, pantauan cuaca saat kejadian dilihat warga dari Kecamatan Sukaratu, Desa Linggajati, Kampung Batubulu, terpantau mendung.

Secara visual, air yang turun dari tebing kawah Galunggung itu terlihat cantik, tapi membuat warga setempat sangat khawatir dan meminta petunjuk atau arahan dengan fenomena tersebut.

Alasannya untuk menindaklanjuti terkait video yang beredar dan berhasil dikonfirmasi bahwa peristiwa tersebut benar terjadi. Adanya air yang turun dari tebing barat daya Gunung Galunggung, sudah terjadi lama.

Apabila debit air di danau gunung melimpah, kemungkinan besar Balai Pengelola Sumber Daya Air (BPSDA) akan mengatur keluarnya debit air ke sungai Cikunir. BPBD Tasikmalaya menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada da tidak panik terhadap lingkungan sekitar.

Jika terjadi keadaan darurat atau kejadian bencana, diharapkan segera melaporkannya ke pemerintah setempat dan BPBD Tasikmalaya melalui call center PUSDALOPS 0821-2059-4513. Dapat pula menghubungi Pos SAR Tasikmalaya ke nomor telepon 0265-7541-115.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Akan Tinjau Pembangunan Tol Manado-Bitung

Posted: 28 Mar 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) pada 31 Maret 2019. Jokowi direncanakan meninjau percepatan pembangunan jalan tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer.

"Informasinya demikian (kedatangan Presiden), tapi kami belum tahu pasti jam berapa akan melakukan kunjungan lapangan," ujar Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Wilayah Sulut dan Gorontalo Triono Junoasmono di Manado, Jumat (29/3/2019).

Meski begitu, kata dia, berbagai persiapan tengah dilakukan di rute yang rencananya akan dilintasi Jokowi bersama rombongan. Rombongan presiden akan memasuki simpang susun Airmadidi (sekitar taman SBY) kemudian melintasi ruas tol seksi pemerintah (seksi I).

Selanjutnya, Jokowi akan melintasi ruas tol yang dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di seksi II kemudian keluar di Danowudu, menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. "Selain meninjau percepatan pembangunan jalan tol Manado-Bitung, Presiden direncanakan juga akan meresmikan KEK Bitung," ujarnya.

 

Terus Dikebut

Triono menambahkan, jajarannya bersama dengan PT Jasamarga Manado Bitung akan membuat papan informasi di beberapa titik berkaitan dengan pembangunan tol yang menghubungkan Kota Manado ke Kota Bitung melintasi Kabupaten Minahasa Utara.

"Selesai meresmikan KEK Bitung, rombongan direncanakan akan melintasi tol," ujarnya, seperti dilansir Antara.

Persiapan kunjungan Presiden ke jalan tol juga terus dimatangkan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan rombongan gubernur meninjau ruas tol ini.

Gubernur berdialog dengan Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Wilayah Sulut dan Gorontalo Triono Junoasmono berkaitan dengan progres pengerjaan tol Manado-Bitung hingga Maret.

Tol Manado-Bitung terus dikebut penyelesaiannya, pembangunannya selain diharapkan mengurai kemacetan di ruas jalan saat ini, diharapkan juga membuka kawasan cepat tumbuh di sekitar lintasan tol.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baggage Wrap: Keamanan Lebih untuk Koper Bagasi Anda via Traveloka App

Posted: 28 Mar 2019 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain keamanan diri sendiri dan orang-orang tercinta saat traveling, keamanan koper bagasi juga jadi hal yang wajib diperhatikan. Kamu pastinya membawa barang-barang berharga yang akan berguna selama di kota tujuan. Hilang atau rusaknya barang bawaan akan buat perjalanan, baik itu untuk keperluan bisnis maupun liburan bersama keluarga, jadi tidak menyenangkan.

Untuk itu, ada baiknya memberikan keamanan ekstra untuk koper atau barang bawaan kamu yang akan dimasukkan ke dalam bagasi. Memilih koper dengan material kokoh pastinya pilihan yang tepat apalagi barang bawaan kamu cukup banyak. Menambahkan gembok koper biasa juga pilihan bijak untuk menambah keamanan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu semua, koper bagasi kamu juga akan aman pakai baggage wrap yang tersedia di bandara dan bisa dibeli via Traveloka App. Kamu tinggal melakukan online check-in dari aplikasi Traveloka dan memesan layanan bandara yang satu ini. Berikut beberapa hal yang wajib diperhatikan kala menggunakan layanan baggage wrap.

1. Pastikan koper bagasi kamu aman

Saat tiba di bandara dan ingin koper kamu di-wrapping, hal yang wajib kamu lakukan adalah mengeceknya lagi. Pastikan semua barang yang mau dibawa ke dalam kabin pesawat sudah kamu ambil dari dalam koper. Lalu, tutup rapat semua ritsleting atau pengunci koper kamu lainnya.

2. Berikan pelindung ekstra dengan baggage wrap

Layanan baggage wrap menggunakan sebuah plastik tebal berlapis untuk melindungi seluruh bodi koper. Plastik ini berikan perlindungan ekstra supaya koper lecet atau sobek saat tergesek di dalam bagasi pesawat. Selain itu, koper juga akan semakin sulit terbuka tanpa sengaja dan mencegah barang-barang kamu keluar dari koper. Pastinya, koper kamu akan tahan air dengan plastik pelindungnya.

3. Baggage wrap bisa kamu beli via Traveloka App

Kamu bisa mendapatkan layanan bandara baggage wrap dengan lebih mudah melalui aplikasi Traveloka. Tinggal melakukan online check-in penerbangan kamu lewat aplikasi Traveloka. Setelah mengisi data diri lengkap, kamu bisa memesan layanan bandara baggage wrap.

Traveloka pun memberikan banyak pilihan untuk metode pembayarannya, seperti transfer bank, kartu kredit, dan pembayaran di minimarket terdekat. Setelah pembayaran berhasil, kamu akan mendapatkan voucher yang akan dikirimkan ke halaman My Booking di aplikasi Traveloka dan email kamu. Tunjukkan voucher ini kepada petugas di bandara dan koper kamu akan langsung di-wrap.

4. Bagasi aman, perjalanan lebih tenang

Dengan layanan baggage wrap, kekhawatiran kamu akan koper bagasi akan hilang. Koper bagasi kamu sudah terlindungi dari guncangan, gesekan, dan benturan yang bisa saja terjadi di dalam pesawat. Jika sudah begini, penerbangan kamu pun akan semakin nyaman tanpa perlu lagi memikirkan keamanan koper bawaan kamu di dalam bagasi pesawat.

5. Beli tiket pesawat semakin mudah dan lebih mudah dengan Traveloka

Selain keamanan terjamin, memesan tiket pesawat dari Traveloka pun semakin mudah dengan Traveloka apa pun kebutuhan penerbangan kamu. Mau liburan bareng keluarga atau perjalanan bisnis ke luar kota, tinggal pesan tiket pesawat saja dari Traveloka dan kamu akan mendapatkan penawaran terbaik di dalamnya.

Traveloka melayani penerbangan ke banyak destinasi kota dan tempat wisata, serta bekerja sama dengan banyak maskapai yang bisa kamu pilih. Tidak perlu bingung dengan sistem pembayarannya karena Traveloka pun memberikan banyak pilihan metode pembayaran dan pastinya semua dijamin keamanannya.

Nah, sudah mengatur liburan berikutnya di tahun ini? Jangan lupa untuk pesan tiketnya lewat Traveloka yang akan memudahkan perjalanan kamu dari pergi sampai kembali dari liburan.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inspirasi Kampung Mosso untuk Festival Crossborder Skouw 2019

Posted: 28 Mar 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura Festival Crossborder Skouw 2019 akan diwarnai dengan beragam atraksi dan inspirasi dari Kampung Mosso. Di kampung ini, masyarakat Papua dan Papua Nugini hidup berdampingan dalam damai. Inspirasi kebersamaan ini yang akan ditiupkan.

Festival Crossborder Skouw 2019 akan digelar 9-11 Mei 2019. Lokasinya ada di PLBN Skouw, Jayapura, Papua. Event ini menghadirkan musisi reggae Ras Muhammad, Dave Solution, dan Vanimo Natives Band asal Papua Nugini. "Skouw sangat unik dengan Kampung Mosso-nya.

Masyarakat dari 2 negara berbeda ini bisa hidup berdampingan. Di Kampung Mosso, juga banyak ditemui masyarakat Papua Nugini yang menetap. Hal ini tentu luar biasa. Selalu ada harmoni di perbatasan," ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, Kamis (28/3).

Masyarakat Papua dan Papua Nugini memang memiliki kedekatan histori dan budaya. Ikatan kuat kekeluargaan melekat di antara 2 rumpun bangsa dari dahulu hingga sekarang. Anonim pun muncul, "ekor dan kepala belum putus" di sana. Artinya, ikatan ini masih terjalin meski mereka dipisahkan hukum dan teritorial sebuah negara.

Ricky menambahkan, hubungan ke-2 bangsa ini sangat menarik di perbatasan. "Hubungan kekerabatan antara Papua dan Papua Nugini sangat kental di perbatasan. Ada sebuah ikatan persaudaraan yang sangat luar biasa. Harmoni ini sangat dominan di Kampung Mosso. Bila berkunjung ke Festival Crossborder Skouw, pokoknya harus mampir ke Kampung Mosso. Ada banyak keindahan di sana," lanjut Ricky.

Kampung Mosso memiliki luas sekitar 5.000 Hektar. Jaraknya hanya 35 Km dari pusat Kota Jayapura. Jarak tempuhnya sekitar 1,5-2 Jam. Jalannya mulus, lebar, dan dilengkapi rambu lalu lintas yang lengkap. Kampung ini juga berjarak 7 Km dari pusat Distrik Muara Tami. Kampung ini hasil pemekaran wilayah di tahun 2006. Sebelumnya kampung ini masuk wilayah Skouw Sae.

Kampung Mosso awalnya bernama Nyau Nemu yang ditempati orang-orang dari Jayapura. Kampung Mosso kini dihuni sekitar 62 kepala keluarga atau 200 jiwa. Menariknya, banyak dijumpai warga Papua Nugini di sini.

Kedatangan masyarakat negara tetangga ini untuk menghindari beragam persoalan yang ada di negaranya. Lama kelamaan warga pendatang dari Papua Nugini memilih menetap. Mereka lalu berganti kewarganegaraan.

"Lalu lintas keluar-masuk warga Papua Nugini ke Kampung Mosso cukup ramai. Sebab, mereka melanjutkan tali silaturahmi satu sama lain. Kehadiran warga Papua Nugini pun menarik. Ada warna budaya unik di sana," kata Ricky.

 

Paket lengkap wisata

Menteri Pariwisata Arief Yahya

Membaur dari rumpun Papua dan Papua Nugini, Kampung Mosso pun mengenal 3 bahasa. Media komunikasi dilakukan dalam bahasa lokal Mosso, Bahasa Indonesia, dan Bahasa PNG, atau Bahasa Inggris Pidgin atau Tok Pisin. Dalam keseharian, anak-anak maupun dewasa sama-sama fasih menggunakan ke-3 bahasa tersebut.

"Karena banyak didatangi warga Papua Nugini, transaksi di Kampung Mosso juga unik. Mata uang Papua Nugini, Kina, juga bisa digunakan di sini. Namun, dengan perhitungan tertentu. Yang jelas, kehadiran warga mereka di sana ikut menggerakan perekonomian dengan beragam transaksinya. Pada hari tertentu, warga Papua Nugini ini masuk ke Papua untuk membeli beragam kebutuhan sehari-hari," papar Ricky lagi.

Memiliki tanah yang subur, masyarakat Kampung Mosso sangat mengandalkan pertaniannya. Hasil dari aktivitas bertani tersebut langsung dijual ke Vanimo, Papua Nugini. Selain bertani dan berkebun, masyarakat juga menokok sagu, mencari ikan di sungai, hingga berburu.

Dengan keunikannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menegaskan, Kampung Mosso dan Festival Crossborder Skouw sebagai destinasi lengkap.

"Festival Crossborder Skouw dan Kampung Mosso ini paket lengkap berwisata. Pengunjung atau para wisatawan memiliki ragam pilihan atraksi. Selain bergembira, wisatawan ini bisa belajar dari fenomena budaya di Kampung Mosso. Beragam latar belakang suku bangsa dan budaya bisa berdampingan secara damai di sana. Silakan datang ke Skouw dan nikmati experience terbaiknya," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Manajer Tetap MU, Solskjaer Pertahankan Asisten Pelatih

Posted: 28 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer resmi diangkat menjadi manajer tetap Manchester United (MU). Dia akan membesut MU hingga 2022 nanti.

Meski kini punya otoritas penuh di MU, Solskjaer tak akan lupakan jasa tiga asistennya selama ini. Dia ingin mempertahankan tiga asisten pelatih yang sudah membantunya hingga bisa bertahan di MU.

Seperti dilansir Goal.com, Solskjaer ingin tiga asisten pelatih yaitu Mike Phelan, Michael Carrick dan Kieran McKenna tetap menjadi staf-nya. Dia ogah ganti orang kepercayaan yang bisa membantunya karena merasa sudah cocok.

Pada Kamis (28/3/2019) lalu,MU mengkonfirmasi pria asal Norwegia itu sebagai manajer tetap. Dia dikontrak untuk tiga tahun ke depan setelah berperan sebagai manajer pengganti Jose Mourinho yang dipecat.

Sejak saat itu Solskjaer mempertahankan jasa pelatih tim utama Michael Carrick dan Kieran McKenna serta membawa kembali asisten Alex Ferguson Mike Phelan.

 

 

Kolaborasi yang Pas

Ole Gunnar Solskjaer berhasil mengantarkan Manchester United menang telak 5-1 atas Cardiff City. (AP Photo/ Jon Super)

Kolaborasi keempatnya berhasil membawa MU meraih hasil yang menggembirakan. MU kini berada di posisi empat besar dan berhasil lolos ke perempat final Liga Champions dan akan melawan Barcelona.

Manajemen MU belum memberi keputusan soal keinginan Solskjaer mempertahankan staf pelatih. Namun Solskjaer yakin betul mereka bisa terus bekerja sama agar membawa MU sukses di masa mendatang.

"Mike adalah bagian kunci dan mereka saling bicara satu sama lain," kata Solskjaer.

"Tentu, saya menyuarakan opini saya dan set-up yang kami miliki, saya benar-benar berharap itu akan berlanjut. Staf yang kami miliki bekerja dengan sangat baik, dan itu menjadi kunci hasil yang dipetik.

Sepakat

Kerjasama dengan tiga asisten pelatih dinilai Solskjaer sangat memungkinkan. Apalagi ketiganya juga tak ada yang menyatakan ingin hengkang dari MU.

"Saya tidak akan membuat perubahan apa pun dan mereka tidak mengetuk pintu saya dan mengatakan mereka tak mau lanjut," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dijual hingga Rp 2,5 Juta, Tiket Konser Westlife di Indonesia Ludes

Posted: 28 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Animo pencinta musik pop di Indonesia terhadap konser Westlife tahun ini tampak menggebu-gebu. Setidaknya, itulah yang terlihat kala kita memeriksa harga dan jumlah karcis masuk yang dijual di Tiket.com.

Menyusuri situs penyedia tiket tersebut, tampak bahwa seluruh tiket online untuk konser Westlife di Indonesia ini sudah habis terjual. Padahal, tiket konser yang terdiri dari enam kelas tersebut, dijual dari harga Rp 750 ribu sampai Rp 2,5 juta.

Tiket online kelas Diamond VVIP yang dijual Rp 2,5 juta sudah ludes tak tersisa sama sekali. Namun begitu, para penggemar yang kehabisan tiket online masih bisa membelinya secara offline di gerai Full Color Entertainment maupun salah satu minimarket terkemuka.

Tentunya, dalam konser yang akan digelar pada 7 Agustus 2019 di Indonesia Convention Exhibition - ICE BSD City, Tangerang, Banten, Westlife tak hanya membawakan lagu-lagu hits lawas. Mereka juga akan memperkenalkan tembang terbarunya, "Hello My Love".

Konser Reuni Pertama

Westlife (AFP/Bintang.com)

Kunjungan Westlife ini sekaligus bagian dari The Twenty Tour yang digelar di berbagai negara di Asia. Negara-negara selain Indonesia yang akan dihampiri adalah Thailand, Macau, Taiwan, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Konser Westlife The Twenty Tour 2019 ini akan menjadi konser reuni pertama mereka sejak penampilan konser terakhirnya di Croke Park Dublin, Irlandia, pada 23 Juni 2012 silam.

Poster konser Westlife (Instagram/ fullcolorparty)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TGB: Hoaks, Fitnah dan Ujaran Kebencian karena Merosotnya Akhlak

Posted: 28 Mar 2019 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Mantan Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Muhamad Zainul Majdi mengajak masyarakat mengedepankan akhlaqul karimah, dalam menghadapi perbedaan pilihan politik. Jangan sampai karena hanya perbedaan pilihan politik, lalu mengumpat, memfitnah calon dan orang yang berbeda pilihan.

Ketua Umum Alumni Al-Azhar ini mencontohkan kasus terorisme masjid di Selandia Baru yang menewaskan 50 muslim. Beberapa setelah kejadian itu, aksi solidaritas dilakukan ribuan warga nonmuslim Selandia Baru untuk menjaga dan menghibur warga muslim yang tengah dirundung musibah agar tenang beribadah.

Bahkan, geng motor yang paling ditakuti ikut menjaga umat muslim yang tengah beribadah salat Jumat. Aksi solidaritas itu dipimpin langsung Perdana Menteri Selandia Baru yang ikut menunggu warga muslim yang tengah beribadah salat Jumat. 

"Ini menunjukkan bahwa terorisme tidak mengenal agama, di Selandia Baru pelakunya orang nonmuslim, korbannya orang muslim. Sedangkan di Surabaya pelakunya orang muslim dan korbannya nonmuslim," tutur Zainul Majdi.

Tak lama setelah terjadi pemboman, lanjut Zainul, ada ormas Islam mengirimkan kadernya untuk menjaga umat Kristiani supaya tenang beribadah, setelah mengalami peristiwa tragis karena gerejanya dibom. Apa yang terjadi terhadap ormas tersebut, bukannya mendapatkan penghargaan dari khalayak, justru ormas tersebut ramai-ramai dihujat bahkan dikatakan akan menggadaikan akidahnya.

"Kemuliaan akhlak bisa belajar dari mana pun. Innalilahi wa inna ilaihi raji'un, justru sekarang kemuliaan akhlak, bisa dicontohkan orang luar (nonmuslim Selandia Baru). Kita yang rasulnya menyampaikan innama buistu liutamimah makarimal akhlak (kami diutus, untuk memperbaiki akhlak), justru saat ini sedang defisit akhlak," jelas TGB.

 

Akhlak Merosot

Salah satu bentuknya, yang kita saksikan sekarang, saat hajatan politik saat ini, tidak sedikit di antara kita yang akhlaknya turun, merosot. Sampai-sampai ada memiliki hobi menghujat dan mengumpat ulama, hanya karena perbedaan politik. Banyak para masyayikh, yang memiliki keilmuan dan kezuhutan yang tinggi, dikatakan sebagai bukan ulama yang lurus.

"Bahkan ungkapan dari Imam Ghazali ulama Suk, begitu saja ditempelkan pada ulama yang mempunyai pandangan berbeda. Di mana akhlak kita?" kata doktor ahli fiqih lulusan Al-Azhar Kairo ini.

Kadangkala, ucap dia, manusia dihadapkan pada suatu peristiwa, yang jauh darinya. Supaya menyadari ada hal yang berharga, seharusnya menjadi kekayaan umat Islam, ternyata sudah hilang.

Makanya, seorang ahli tafsir Alquran, Profesor Quraisy Shihab menulis sebuah buku berjudul Yang hilang dari kita adalah akhlak. Jika akhlak tidak hilang, maka tidak ada fitnah, umpatan, hujatan yang membabi buta.

Karena itu, dia mengajak masyarakat supaya kembali kepada ajaran ahlussunnah waljamaah dalam berpolitik. Sebab, semua cara-cara kotor tersebut, bukan bersumber dari tradisi ahlussunnah waljamaah

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengulik Beda Gaya 2 Calon Menantu Maia Estianty, Alyssa Daguise dan Marsha Aruan

Posted: 28 Mar 2019 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Maia Estianty tentulah bukan sosok asing bagi orang kebanyakan. Musisi sekaligus pengusaha ini sudah sebegitu sering menarik perhatian publik lewat penampilan di berbagai kesempatan. Tak heran jika beberapa nama yang menghabiskan waktu bersama Maia turut diberi lampu sorot atensi publik.

Dua di antaranya yang selalu hangat jadi perbincangan adalah Alyssa Daguise dan Marsha Aruan. Seperti diketahui, mereka merupakan calon menantu Maia, di mana Alyssa merupakan kekasih Al Ghazali dan El Rumi sudah bertahun lamanya menjalin asmara dengan Marsha.

Dengan label calon menantu Maia, banyak sisi yang menarik untuk dikulik dari keduanya, termasuk soal perbedaan penampilan. Pilihan fashion mereka sebenarnya serupa, tapi tak sebegitu sama. Ada saja kesan dan detail-detail tertentu yang membuat penampilan mereka jadi mendapat sentuhan personal.

Alyssa Daguise. (dok. Instagram @alyssadaguise/https://www.instagram.com/p/Bu6CNdOhs_s/Asnida Riani)

Lewat sederet unggahan di akun Instagram-nya, @alyssadaguise, Alyssa tampak cukup berani mencoba ragam gaya dengan sentuhan sedikit edgy di setiap look-nya. Dalam satu waktu, perempuan yang tengah menimba ilmu di Paris, Perancis, ini bisa sangat manis dengan mini dress, polos maupun bermotif.

Tapi, di waktu lain, Alyssa bisa tampil sangat berbeda dengan jumpsuit berpadu boots hitam. Ia juga sempat memperlihatkan sederet penampilan kasual dengan short denim dan kaus yang dipadankan dengan sneakers maupun flat shoes.

Pattern juga jadi sentuhan di banyak penampilan Alyssa Daguise, mulai dari leopard, tartan, sampai floral. Anting bulat berukuran sedang pun sering dipakai untuk melengkapi penampilan dan menambah kesan vintage.

Alyssa Daguise. (dok. Instagram @alyssadaguise/https://www.instagram.com/p/Bu6CNdOhs_s/Asnida Riani)

Di samping itu, Alyssa jarang sekali menambahkan aksesori dengan kesan ramai di penampilannya. Sesekali, ia hanya tampak memakai gelang, tapi tetap lebih sering bermain dengan macam-macam bentuk, juga ukuran anting.

Eksperimen dalam penampilan ini juga pernah diperlihakan Alyssa ketika memotong rambutnya menjadi bob nan klimis. Soal makeup, ia lebih bermain pada warna-warna nude dengan polesan contour, eyeshadow, eyeliner, dan lipstik.

Marsha Aruan. (dok. Instagram @aruanmarsha/https://www.instagram.com/p/BvUFuFsB3XV/Asnida Riani)

Seperti Alyssa, Marsha Aruan juga sepertinya menikmati waktu bergonta-ganti look. Bedanya, dalam setiap penampilan gadis 22 tahun ini, ia selalu menyisipkan aksen penampilan terkesan feminin nan manis.

Tak melulu dengan dress, penampilan ini malah sering kali disampaikan Marsha ketika mengenakan atasan dan bawahan. Aksen seperti ruffle pun sempat beberapa kali terlihat, entah di skirt maupun atasan yang dipakai.

Warna pilihan Marsha juga cenderung lebih beragam, di mana ia tak segan menambahkan warna-warna cerah, termasuk kuning, lime green, light purple, dan merah muda. Padu-padan busananya terkesan lebih ceria.

Marsha Aruan. (dok. Instagram @aruanmarsha/https://www.instagram.com/p/Bn1JWpaBHOo/Asnida Riani)

Tak seperti Alyssa yang punya signature style memakai anting bulat, Marsha lebih mengeksplorasi pemakaian aksesori. Sesekali ia akan memakai anting tear drop berpadu rentetan gelang. Namun, di waktu lalu lain, ia juga bisa tampil polos tanpa tambahan aksesori.

Tapi, satu yang khas dari penampilan Marsha adalah rambut panjang tanpa poni. Ya, selain gigi kelinci, tatanan rambutnya sudah jadi bagian penampilan Marsha yang familier bagi tak sedikit orang. Makeup yang dipulas pun tak pernah berlebih. Marsha terlihat lebih suka memulas lipstik berwarna cerah seperti peach dan pink.

Kendati memiliki ciri penampilan masing-masing, Anda bisa menyontek inspirasi penampilan dari dua calon menantu Maia Estianty ini. Misal, pakai ruffle skirt ala Marsha Aruan berpadu boots andalan Alyssa Daguise.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Dikalahkan Kalteng Putra, 3 Pemain Baru Macan Kemayoran Ini Diprediksi Bakal Bersinar

Posted: 28 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta harus menelan pil pahit saat tersingkir dari Piala Presiden 2019 setelah dijegal Kalteng Putra lewat drama adu penalti (5-4). Tetapi Persija Jakarta masih memiliki harapan di Piala AFC Cup 2019. Di AFC Cup 2019, Persija bergabung di grup G. Dengan sementara berada di posisi kedua klasemen sementara dengan perolehan 4 poin, hasil satu kali imbang dan satu kali menang.

Persija merupakan klub profesional di kasta tertinggi Liga Indonesia. Klub yang berada di Ibukota Jakarta ini sudah ada sejak 1928 dengan warna kebesaran oranye. Klub Ibukota ini sudah memiliki sejarah panjang di Liga Indonesia sebagai klub raksasa. Prestasinya pun juga jangan diragukan lagi. Macan Kemayoran memiliki 2 gelar juara Liga Indonesia. 2 gelar tersebut diraih pada tahun 2001 dan 2019. 

Perkembangan Persija saat ini ialah sedang berjuang di Piala AFC Cup. Selain itu Persija Jakarta juga sedang menyiapkan tim jelang bergulir Liga 1 pada 8 Mei 2019. Skuad Persija Jakarta yang menjadi juara Liga 1 musim lalu, sedikit alami perombakan.

Di posisi kepelatihan, Stefano Cugurra memilih tidak memperpanjang kontrak dan menyeberang ke Bali United. Sementara top skor Persija musim lalu yakni Marco Simic tidak masuk skuad, lantaran kasus pelecehan seksual saat Persija berlaga di kualifikasi Champions League Asia di Australia.

Meskipun Persija ditinggal 2 pilar pentingnya, tapi manajemen Persija bergerak cepat dengan datangkan Ivan Kolev sebagai pelatih utama. Pengganti Simic juga sudah diperoleh yakni mantan penyerang Perseru Serui, Silvio Escobar. Boleh dikatakan sekarang skuad Persija cukup kompetitif. Hal ini dibuktikan dengan mampu melaju hingga 8 besar Piala Presiden 2019, sebelum dihentikan Kalteng Putra kemarin (28/03/2019) dengan kalah adu pinalti.

Kompetitifnya Persija di Piala Presiden bahkan AFC Cup dikarenakan memiliki pemain-pemain bagus. Dirangkum Liputan6.com, Jumat (29/03/2019) sekiranya ada 3 nama pemain baru yang digadang-gadang bersinar di Liga 1 2019/2020 yang mulai kick off 8 Mei 2019.

1. Bruno Matos, Otak Serangan Persija

Playmaker andalan Persija, Bruno Matos, memborong dua gol kemenangan atas PSS dalam Piala Presiden 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (15/3/2019). (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Beruntunglah Persija Jakarta mendapatkan pemain sekelas Bruno Oliviera De Matos. Pemain yang berusia 29 tahun ini berposisi sebagai gelandang menyerang. Dengan kekuatan yang dimiliki kaki kirinya, Bruno Matos menjelma menjadi jembatan yang menghubungkan lini belakang dan lini serang Persija.

Bruno seringkali berada diposisikan Ivan Kolev sebagai pemain di belakang striker. Posisi tersebut cocok dengan Bruno. Hasilnya Bruno menjadi pemain paling produktif di Persija hingga saat ini.

Pemain berkebangsaan Brasil ini sudah mencatatkan 9 gol dari 9 laga yang telah dijalaninya, sejak bergabung dengan Persija Jakarta. Bruno Matos sepanjang kariernya sudah membela 15 klub berbeda.

Klubnya sebelum Persija Jakarta ialah PKNS. PKNS merupakan klub kasta tertinggi Malaysia. Berkat penampilan apiknya di PKNS, membuat Persija mendatangkannya musim ini. Hasilnya sudah bisa diprediksi, kini Bruno jadi pemain idola suporter Persija The Jak Mania.

2. Ryuji Utomo, Palang Pertahanan Persija

Bek Persija Jakarta, Ryuji Utomo, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang TIRA Persikabo pada laga Piala Indonesia di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (21/2). Persija menang 2-0 atas TIRA Persikabo. (Bola.com/Yoppy Renato)

Persija Jakarta berhasil pulangkan sosok bek tangguh bernama Ryuji Utomo. Ryuji Utomo sudah teruji menjadi bek tangguh di kasta kedua Thailand bersama PTT Rayong. Selama dua musim di PTT Rayong, Ryuji mampu menjadi pemain inti.

Prestasi Ryuji bersama PTT Rayong juga tidak main-main, karena bisa bawa PTT Rayong naik kasta ke liga utama Thailand. Kini setelah mengembangkan potensinya di Thailand, Ryuji pulang kembali ke Persija Jakarta.

Ryuji merupakan pemain kelahiran Jakarta. Darah Jakarta sudah mengalir di nadinya. Sehingga dalam membela Macan Kemayoran, Ryuji selalu tampil optimal.

Kepercayaan Persija pada kualitas Ryuji Utomo tidak diragukan lagi. Pasalnya manajemen Persija mengontrak Ryuji dua tahun. Kontraknya akan berakhir Desember 2020. Kini Di Persija, Ryuji menjadi sosok penting dilini pertahanan Persija. Tubuhnya yang tinggi, membuat pertahanan Persija kini aman dijaganya.

3. Steven Paulle, Tembok Tangguh Persija

Bek Persija Jakarta, Steven Paulle, mengamankan bola dari striker Kalteng Putra, Patrich Wanggai, pada laga perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (28/3). Persija kalah adu penalti dari Kalteng. (Bola.com/Yoppy Renato)

Pertahanan Persija dipastikan aman ketika Persija berhasil daratkan bek tangguh bernama Steven Paulle. Steven Paulle didatangkan dari PSM Makassar. Penampilannya yang stabil di PSM, jadi alasan manajemen Persija menggaet pemain ini.

Walaupun sudah berusia 33 tahun, tapi secara fisik, Paulle masih bisa diandalkan. Pemain berkebangsaan Prancis ini terbukti mampu kawal pertahanan Persija dengan baik. 

Paulle juga merupakan tipikal bek modern yang sering naik membantu serangan. Terbukti di AFC Cup, Paulle mampu sumbangkan 1 gol. Berkat kokohnya Paulle di lini pertahanan Persija, membuat Persija di Piala Presiden 2019 hanya kebobolan 3 gol saja dari 4 pertandingan.

Sementara di AFC Cup, Persija baru kebobolan 1 gol. Duet Paulle dengan Ryuji memang menjadi tembok raksasa yang sulit ditembus lawan.

Itulah 3 pemain baru Persija yang langsung memikat The Jak Mania dengan permainan apiknya. Bruno Matos akan diprediksi jadi momok menakutkan pertahanan lawan di Liga 1, sementara Ryuji dan Paulle akan bahu membahu menjaga lini pertahanan Persija. Dengan ketiga pemain tersebut, ada kemungkinan Persija akan bisa pertahankan gelar Liga 1, bahkan bisa berbicara jauh di Asia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Angela Lee, Si Cantik Ratu Submission ONE Championship

Posted: 28 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Angela Lee, atlet ONE Championship wanita asal Singapura, sepertinya memang terlahir untuk menjadi petarung. Kedua orang tuanya, sang ayah yang berdarah Tiongkok-Singapura dan ibunya asal Korea Selatan, adalah atlet bela diri. Adik laki-lakinya, Christian, saat ini juga tercatat sebagai petarung mixed martial arts (MMA). Sementara Victoria dan Adrian, dua adik Angela lainnya, saat ini juga mendalami bela diri.

Nama Angela Lee mencuat pada 2016 saat dia mengalahkan juara dunia ONE Championship, Mei Yamaguchi, untuk kelas atom wanita. Ketika itu, di usianya yang belum genap 20 tahun, Angela menjadi petarung termuda yang menjadi juara dunia di ajang MMA.

Kini, Angela Lee tengah mengejar sejarah. Jika nanti, tanggal 31 Maret 2019 di ajang ONE: A New Era, dia bisa mengalahkan Xiong Jing Nan, Angela Lee akan tercatat sebagai petarung wanita pertama yang bisa memenangkan dua gelar juara dunia dari divisi berbeda di ONE Champions.

Saat ini, Jing Nan, yang punya julukan "The Panda", memang tercatat sebagai juara dunia ONE Championship kelas jerami alias Straw-weight. "Saya ingin membuat sejarah. Saya tidak bisa melewatkan kesempatan ini begitu saja," ujar Angela, usai jumpa pers yang digelar di Ritz Carlton, Tokyo, Kamis (28/3).

Angela sendiri mengaku sudah mempelajari gaya bertarung Jing Nan. "Yang jelas ini akan jadi pertarungan yang menarik. Kami saling menghormati, tapi di atas ring kami akan coba saling mengalahkan," ujarnya.

Sejak Usia Enam Tahun

Petarung ONE Championship wanita, Angela Lee (Foto: OneFC)

Angela sendiri pertama kali mengenal bela diri pada usia enam tahun, saat bersama keluarganya masih tinggal di Hawai. Dan, pada usia rejama, dia sudah ikut turnamen bela diri di Amerika Serikat.

Maka itu, saat bergabung dengan ONE Championsip, pada 2014, wanita cantik ini sudah memilik bekal yang cukup. Apalagi, kemampuan bertarungnya juga sangat lengkap. Angela menguasai bela diri taekwondo, jiu jitsu, muay thai, bahkan gulat.

Teknik submission, yang kerap jadi andalan para pegulat, menjadi salah satu andalan Angela, saat mengalahkan lawan. Dan, yang menjadi korban pertama Angela adalah Aya Saber, petarung asal Mesir di ajang ONE: Warrior's Quest di Singpura, tahun 2015.

Setelah Aya, empat lawan Angela selanjutnya juga ditekuk lewat kemenangan submission. Termasuk Mei Yamaguchi yang dikalahkannya di ajang ONE: Ascent to Power di Singapura.

Tak heran, selain "Unstoppabale", julukannya di panggung ONE Championship, Angela juga kerap dijuluki sebagai Ratu Submission.

Selalu Menang

Julukan "Unstoppable" sendiri merujuk kepada rekor Angela, yang hingga kini, dalam sembilan duelnya di ONE Championship, selalu menang!

Duel lawan Jing Nan sendiri, sedianya sudah dijadwalkan sejak Oktober lalu dalam ajang ONE: The Heart of The Lion. Namun, duel itu batal terlaksana, karena Angela mengalami cedera punggung serius saat berlatih.

Maka itu, kesempatan untuk menghajar Jing Nan di Jepang, akhir Maret ini, tak akan mau disia-siakan Angela. Dia juga tak peduli, meski orang lebih banyak menjagokan Jing Nan."Saya tahu banyak yang orang menganggap saya underdog, itu tak masalah. Saya senang jika bisa membuktikan bahwa pendapat orang salah," ujar Angela.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyuwangi Gunakan Aplikasi Ini Untuk Kesejahteraan Nelayan

Posted: 28 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Banyuwangi bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mulai mengampanyekan penggunaan aplikasi Nelayan Pintar. Aplikasi tersebut berisi informasi dasar bagi nelayan saat akan melaut.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Kemkominfo, Septriana Tangkary mengatakan pihaknya menargetkan satu juta nelayan menggunakan aplikasi ini.

"Aplikasi Nelayan pintar adalah bagian dari program satu juta nelayan go online oleh kemkominfo. Program ini bagian dari pembangunan ekonomi kerakyatan yang dilakukan pemerintah," kata Septriana di Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan, Banyuwangi, Kamis (28/3).

Fasilitas aplikasi ini meliputi informasi arah mata angin, ketinggian gelombang, arah pergerakan ikan, cuaca, bahan bakar minyak (BBM), layanan penyebaran permintaan pertolongan darurat atau SOS (Save Our Soul), hingga informasi harga ikan di pasaran.

Dengan aplikasi ini, lanjut dia, nelayan bisa membaca kondisi cuaca sebelum melaut. Mereka bisa mengetahui arah mata angin, tinggi gelombang, cuaca, lokasi ikan, dan bila kehabisan bahan bakar atau keadaan darurat, ada SOS bisa berkomunikasi dengan nelayan terdekat.

"Nelayan Pintar ini diharapkan dapat mengubah paradigma nelayan dari yang tadinya mencari ikan di laut beralih menjadi menangkap ikan di laut. Karena lokasi ikan bisa ditemukan," kata Septriana.

Ditambahkannya, aplikasi ini juga menyediakan market place, lengkap dengan daftar harga-harga ikan. Lewat layanan tersebut diharapkan bisa memutus rantai permainan dagang tengkulak.

"Di aplikasi ini juga tertera harga ikan dari daerah satu ke daerah lain, sehingga bisa menjadi perbandingan. Dengan demikian bisa memotong mata rantai dari harga tengkulak yang sangat tinggi," tambahnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Pangan Banyuwangi, Hary Cahyo Purnomo, mengatakan, di Banyuwangi saat ini terdapat 25.500 nelayan. Dengan adanya aplikasi ini, Hary berharap mampu meningkatkan pendapatan nelayan.

"Dengan menggunakan aplikasi ini, membuat hasil tangkapan ikan lebih efektif. Kami akan mendorong para nelayan untuk mulai memanfaatkan aplikasi ini," kata Hary. 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Trik Maskapai Tentukan Harga Tiket Pesawat

Posted: 28 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Washington D.C. - Harga tiket pesawat di Indonesia sedang melambung tinggi. Berbagai pihak pun menyerukan agar maskapai segera menurunkan harga karena harga tiket yang naik berdampak ke sejumlah lapisan masyarakat.

Awalnya avtur disebut alasan naiknya harga tiket pesawat, namun maskapai juga ditenggarai mencari untung sejak musim libur tahun baru hingga kampanye pilpres yang menyebabkan harga tiket tetap tinggi meski mahal.

Bagaimana sebetulnya cara maskapai menentukan harga tiket?

Menurut CNBC, naik-turunnya harga tiket pesawat tidaklah random. Mereka memiliki algoritma untuk menambah penjualan berdasarkan informasi booking terdahulu, sisa bangku, rata-rata permintaan rute tertentu, dan peluan menjual lebih banyak bangku di masa yang akan datang.

Pihak maskapai mempelajari profil pembeli tiket yang terbagi menjadi dua: leisure traveler (turis biasa) atau business traveler

Bagi leisure traveler, pihak maskapai biasanya menaikkan harga di awal untuk rute liburan, kemudian menyesuaikannya terhadap respons pasar.

Sebaliknya, rute business traveler justru rendah di awal, kemudian meninggi di saat-saat akhir karena business traveler yang cenderung memesan tiket belakangan. 

Di internet, maskapai mengandalkan teknologi agar menampilkan harga "basic economy fare" yang memiliki fasilitas (amenities) terbatas. Ini dilakukan untuk berkompetisi dengan low-cost carrier pada halaman pertama mesin pencarian.

Namun, CNBC menyebut para pelanggan bisa mengambil keuntungan dari teknologi untuk keuntungan mereka. Pasalnya, mulai ada situs-situs yang memantau harga tiket pesawat, dan memberitahu pengguna jika harga sedang turun.

YLKI Minta Pemerintah Ubah Regulasi buat Turunkan Harga Tiket Pesawat

Ilustrasi tiket pesawat (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Pemerintah mendesak maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia untuk menurunkan harga tiket pesawat hingga dan paling lambat per awal April 2019 ini.

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan ultimatum pemerintah tidak tepat sasaran.

Kata dia, pemerintah justru sebaiknya mengubah regulasi tiket pesawat terlebih dahulu agar ada ketetapan yang jelas terkait persoalan tarif, terutama tarif batas atas. 

"Itu ultimatum yang aneh dan salah sasaran. Kenapa di ultimatum karena tidak ada pelanggaran regulasi? Kalau memang pemerintah menghendaki tarif tiket pesawat turun, ya diubah regulasinya dong," tuturnya kepada Liputan6.com, Kamis (28/3/2019).

Dia menjelaskan, yang paling penting ialah regulasi atau peraturan yang memayungi maskapai agar tertib mematok harga tiket pesawat kepada masyarakat.

"Ultimatum itu menunjukkan pemerintah tak mampu mengatasi masalah yang sebenarnya. Kalau memang pemerintah ingin melindungi masyarakat agar tarif pesawat turun, maka ubah dulu regulasinya, khususnya terkait ketentuan batas atas, berani tidak pemerintah melakukan itu? jika tidak berani dan tidak dilakukan, maka ultimatum itu hanya demi populis belakan," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Makna Simbol Lingkaran pada Kemasan Obat, Jangan Disepelekan

Posted: 28 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sakit memang bukan kondisi yang diharapkan oleh orang. Tidak ada orang yang menginginkan sakit, karena hal ini membuat penderitanya harus mengonsumsi obat secara rutin. Salah satu cara yang biasa dilakukan orang-orang pada umumnya adalah dengan membeli dan mengonsumsi obat-obatan

Tidak jarang orang langsung saja membeli obat ke apotek, tanpa merasa perlu menanyakan kondisi sakitnya ke dokter. Hal ini dilakukan karena penderita sudah merasa tahu tentang sakit dan jenis obat yang harus dikonsumsinya. Namun, sebelum berlanjut untuk tetap membeli obat sendiri tanpa petunjuk dari dokter, Anda perlu memperhatikan beberapa hal tentang obat.

Ya, Anda perlu mengetahui makna simbol pada obat-obatan yang terletak di kemasan obat. Jangan sampai Anda mengabaikan kaidah-kaidah dan asal dalam membeli obat tanpa mengetahui efek samping yang bisa ditimbulkan.

Berkaitan dengan itu, Departemen Kesehatan Republik Indonesia pun memberikan petunjuk tentang simbol-simbol khusus yang wajib dicantumkan dalam setiap obat.

Ada apa saja simbol-simbol yang terdapat dalam kemasan obat? Perlu Anda ketahui, ini makna simbol-simbol yang terdapat pada kemasan obat. Telah Liputan6.com, Jum'at (29/3/2019) rangkum dari berbagai sumber.

Simbol Lingkaran Hijau dan Biru Polos

Obat yang Diperjualkan Secara Bebas

Simbol obat dengan lingkaran berwarna hijau polos ini pasti sering banget Anda temukan di apotek. Makna simbol obat pada kemasan ini berarti bahwa obat ini bisa dibeli secara bebas di pasaran tanpa harus memakai resep dokter. Obat yang memiliki simbol ini seperti parasetamol dan aspirin.

Obat yang Bebas Terbatas

Beda lagi dengan lingkaran berwarna biru polos ini. Meski obat dengan kemasan ini bisa dibeli secara bebas tanpa resep dari dokter, namun obat ini masuk ke dalam kategori obat keras. Kalau Anda perlu mengonsumsi obat jenis ini, Anda memperlu memperhatikan anjuran pakainya dan komposisinya. Contoh obat dengan simbol ini seperti CTM.

Simbol dengan Huruf K dan Tanda Plus di Tengah

Obat Keras

Makna simbol merah dengan huruf K di tengahnya ini berarti obat yang tergolong obat keras. Untuk mengonsumsi obat-obatan sejenis Asam Mefenamat ini harus berdasarkan resep dokter. Kandungan pada obat jenis ini memiliki bahan kimia yang akan memberikan efek samping jika dikonsumsi melebihi dosis anjuran dari dokter.

Obat Narkotika

Simbol lingkaran merah dengan tanda (+) di dalamnya ini berarti bahwa obat yang paling berbahaya untuk dikonsumsi. Jenis obat ini berasal dari turunan tanaman atau bahan kimia.

Efek dari mengonsumsi obat dengan simbol ini bisa menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa, bahkan bisa menimbulkan ketergantungan. Oleh karena itu, obat jenis ini hanya dapat diperoleh dengan resep dari dokter. Contoh obat narkotika ini seperti Morfin dan Petidin.

Simbol Tanaman dan Tiga Bintang

Obat Berjenis Jamu atau Berbahan dasar Jamu Tradisional

Kalau Anda menemukan obat dengan simbol seperti ada gambar pohon, artinya obat tersebut mengandung bahan tanaman dan diolah secara tradisional layaknya jamu.

Obat Herbal Terstandar

Simbol dengan tiga bintang ini sering disebut dengan OHT atau Obat Herbal Terstandar. Obat ini berbahan dasar dari alam, seperti tanaman, obat, atau mineral lainnya. Bedanya pada proses OHT ini adalah diprosuksi dengan teknologi tinggi dan higienis.

Bahan-bahan dari OHT ini sudah diuji toksisitas dan kronisnya, oleh karena itu bahan pembuatannya juga sudah melalui penelitian-penelitian pre klinik untuk menguji apakah bahan tersebut sesuai dengan standar kesehatan atau tidak.

Simbol Seperti Bentuk Salju

Fitofarmaka

Merupakan obat dengan bahan dasar tradisional dan berbahan alam, namun sudah memiliki standar dan bisa disetarakan dengan obat-obatan modern.

Proses pembuatannya juga sudah melibatkan proses pengujian bahan, jadi Anda tidak perlu takut kalau obat ini mengandung banyak bahan kimia. Karena pada dasarnya dari bahan-bahan alami.

Misalnya saja pada daun jambu yang dipercaya mengobati diare, dengan proses tertentun dan pengujian berstandar daun jambu dapat diolah layaknya obat modern dan obat tersebut akan diberi label fitofarmaka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bamsoet: Hoax dan Ujaran Kebencian Teror Demokrasi Indonesia

Posted: 28 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menyerukan setiap pihak agar mengantisipasi dan memberantas berita bohong (hoax) dan ujaran kebencian (hate speech). Dikhawatirkan semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu yang hanya tinggal 20 hari lagi, akan membuat penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian di berbagai platform media sosial akan semakin massif dan agresif.

"Berita bohong dan ujaran kebencian adalah teror bagi demokrasi. Tidak hanya di Indonesia, berbagai negara juga sedang menghadapi hal serupa. Agar bisa keluar dari serangan berita bohong dan ujaran kebencian, bangsa Indonesia harus meningkatkan literasi digital. Jangan mudah mempercayai sebuah informasi yang diterima, apalagi yang dibumbui dengan kata-kata bombastis yang disajikan tanpa fakta dan data," ujar Bamsoet saat menjadi Keynote Speaker 'Melawan Hoax untuk Menciptakan Suasana Pemilu 2019 yang Aman, Damai dan Sejuk di Media Sosial', di Jakarta, Kamis (28/03/19).

Turut hadir menjadi pembicara antara lain Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal, Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Prof. Mahfud MD dan Pakar Ilmu Komunikasi Effendi Ghazali.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menjelaskan, berdasarkan data Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), pada tahun 2017 saja, penggunaan internet di Indonesia sudah mencapai 50 persen dari jumlah penduduk di Indonesia, atau tepatnya berjumlah 143,26 juta jiwa. Tidak heran jika hasil Survei Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) tahun 2017 menyebutkan bahwa 92,40 persen saluran penyebaran berita bohong dilakukan menggunakan media sosial, dengan 91,8 persennya adalah jenis hoax yang berhubungan dengan sosial politik.

"Besarnya penetrasi internet terhadap rakyat Indonesia, ternyata malah disalahgunakan oleh orang-orang yang ingin meraih kekuasaan dengan cara-cara yang merusak. Menyebarkan hoax sama saja dengan menyulut api kebencian dan membuka jurang perpecahan bangsa. Tindakan seperti ini harus kita lawan bersama," tegas Bamsoet.

Legislator Dapil VII Jawa Tengah yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara dan Kebumen ini menerangkan, di bidang sosial politik, penyebaran berita bohong dan ujaran kebencian sering kali digunakan sebagai black campaign untuk menyerang kandidat peserta Pemilu. Dari 10 hoax yang beredar, 7 diantaranya terkait dengan Pemilu 2019.

"Kita masih ingat bagaimana hebohnya hoax 7 kontainer surat suara yang sudah tercoblos, pendatang Cina diberi arahan KPU untuk mencoblos di TPS, jika menang Jokowi akan ganti KH Ma'ruf Amin dengan Ahok, larangan adzan dan pemakaian jilbab, serta berbagai kehebohan hoax lainnya. Informasi sesat seperti ini hanya bisa dibuat oleh orang-orang yang tidak punya nurani," tandas Bamsoet.

Karena itu, Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini meminta semua komponen bangsa harus mampu mengambil peran untuk memberantas berita bohong dan ujaran kebencian. Jika dibiarkan, berita bohong dan ujaran kebencian akan menjadi wabah yang merusak persatuan dan kesatuan bangsa, serta menghambat jalannya proses pembangunan.

"Selain harus aktif sebagai pemilih, kita juga harus dapat menjadi bagian dalam komunitas politik yang terbuka, obyektif, informatif dan edukatif. Terutama bagi kaum muda yang kaya akan kreativitas. Peran seluruh anak bangsa dalam menciptakan pelaksanaan Pemilu 2019 yang lancar dan damai sangat besar. Gunakan kreatifitas yang dimiliki untuk memberantas berita bohong dan ujaran kebencian," pungkas Bamsoet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: