Sabtu, 30 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Muncul Bulu-Bulu Halus di Perut Saat Hamil, Kenapa Ya?

Posted: 30 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon saat hamil tidak hanya memengaruhi suasana hati ibu juga fisik. Salah satunya adalah munculnya bulu-bulu halus di perut. 

Mengapa demikian? Dokter spesialis kebidanan dan kandungan Joseph Sgroi menjelaskan hal tersebut sangat normal karena perubahan hormon.

"Hormon kehamilan yang meningkat, salah satu efeknya adalah pertumbuhan rambut jadi lebih lebat. Bukan hanya di kepala tapi juga di seluruh bagian tubuh termasuk perut," ungkapnya, seperti dikutip dari KidSpot.

 

ilustrasi hamil/copyright Shutterstock

Saat hamil, rambut akan lebih cepat tumbuh, biasanya juga tampak lebih bersinar. Begitu juga bulu-bulu di bagian tubuh lain. Tetapi setelah melahirkan, hormon baka berubah secara drasti.

"Hormon berubah lagi karena menyiapkan tubuh ibu untuk menyusui. Hal ini bakal membuat rambut jadi rontok, jadi tenang saja, bulu-bulu tersebut bakal berkurangsetelah melahirkan," kata Sgroi.

 

Penulis: Mutia Nugraheni/Dream.co.id

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Foto Ini Bukti Angle Bisa Menipu Mata

Posted: 30 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hari tentu ada banyak objek foto yang kita lihat. Entah foto yang kita ambil secara langsung maupun foto dari media sosial. Namun, tak jarang mata kita salah "menangkap" penampakan objek-objek tersebut.

Bisa jadi hal ini lantaran pengambilan sudut gambar atau bentuk aneh objek tersebut yang mampu mempengaruhi perspektif mata kita ketika melihatnya. Oleh karena itu, seringkali kita harus melihat foto lebih dari sekali.

Jangan sampai terkecoh, 10 foto ini membuktikan angle bisa menipu mata, terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni komentar netizen di debat capres Jokowi versus Prabowo.

Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai Tes Kejelian Mata, Temukan Objek Tersembunyi dalam Gambar-Gambar Ini

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Jangan Terkecoh, 10 Foto Ini Bukti Angle Bisa Menipu Mata

Foto: Brightside

Sama seperti jika kalian melihat foto-foto berikut ini. Kalian pasti akan merasa kebingungan saat melihatnya untuk pertama kali, karena pengambilan angle foto-foto ini bisa bikin kamu bingung melihatnya.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

2. Apa Kata Netizen di Debat Capres Jokowi Vs Prabowo?

Capres no. urut 01 Joko Widodo atau Jokowi dan Capres no. urut 02 Prabowo Subianto berjabat tangan usai debat keempat Pilpres 2019 di Jakarta, Sabtu (30/3). Debat mengangkat tema tentang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional.(Liputan6.com/JohanTallo)

Seperti apa respons publik, khususnya para pengguna jejaring sosial mengenai debat capres putaran keempat ini? Berikut pantauan tim Citizen6 Liputan6.com, di lini masa Twitter, Sabtu, 30 Maret 2019.

Selengkapnya...

 

3. Tes Kejelian Mata, Temukan Objek Tersembunyi dalam Gambar-Gambar Ini

foto: brightside

Setiap orang tentunya memiliki kondisi kesehatan mata yang berbeda-beda. Seperti yang kalian ketahui, kesehatan mata sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Biasanya untuk melakukan tes mata orang akan pergi ke dokter mata.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Parkir Mobilnya, Naik MRT-nya

Posted: 30 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sudah mencoba MRT Jakarta? Nah untuk memudahkan warga, di sekitar stasiun MRT dilengkapi dengan kantung-kantung parkir. Seperti apa kantung parkirnya?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Samsung Diam-Diam Rilis Galaxy Tab A 8.0 2019

Posted: 30 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Samsung dilaporkan baru saja meluncurkan tablet generasi terbaru secara diam-diam. Tablet anyar ini merupakan varian lain dari Galaxy Tab A 10.1, yang kini hadir dengan opsi ukuran 8 inci.

Meski berukuran lebih kecil, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (29/3/2019), tablet ini masih memiliki resolusi yang sama dengan saudara besarnya, yakni 1.920x1.200 piksel.

Sebagai tambahan, tablet ini sudah dibekali dengan S Pen. Untuk spesifikasi, Galaxy Tab A 8.0 didukung chipset 7904 dengan RAM 3GB.

Sementara untuk penyimpanan, Samsung menyertakan memori internal berkapasitas 32GB yang masih dapat diperluas dengan kartu microSD hingga kapasitas 512GB.

Sebagai penunjang performanya, tablet ini didukung baterai berkapasitas 4.200mAh. Kebutuhan footografi diserahkan pada kamera depan 5MP dan kamera utama 8MP.

Samsung menyediakan dua opsi konektivitas, yakni hanya wi-fi dan varian yang mendukung LTE. Galaxy Tab A 8.0 hadir dengan dua pilihan warna, yakni black dan gray.

Sayang, Samsung belum mengungkap informasi mengenai harga perangkat ini.

Namun, Galaxy Tab A 8.0 disebut akan menyambangi pasar sejumlah negara, seperti Inggris, Selandia Baru, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Samsung Galaxy Buds dan Watch Active Mulai Dijual di Indonesia, Harganya?

Samsung Galaxy Buds. Dok: samsungpromotions.com

Terlepas dari hal tersebut, Samsung sendiri diketahui baru saja memboyong tiga varian produk wearable devices besutannya ke Indonesia, yakni Galaxy Watch Active, Galaxy Fit, dan Galaxy Buds.

Konsumen Indonesia kini sudah dapat memesan rangkaian ekosistem terbaru dari Samsung Galaxy S10 series.

Galaxy Buds dibanderol dengan harga Rp 1.899.000, dan Galaxy Watch Active dibanderol dengan harga Rp 3.499.000.

Samsung Galaxy Buds dan Watch Active dapat dipesan mulai tanggal 28 Maret hingga 14 April 2019 di Samsung.com Shop serta tujuh partner e-Commerce lain diantaranya, Blibli.com, Dinomarket, Erafone.com, JD.ID, Lazada, Shopee, Telesindoshop.com.

Selama periode promo, konsumen akan mendapatkan keuntungan cashback hingga Rp 350.000 dan cicilan 0 persen hingga 12 bulan melalui bank BCA, CIMB Niaga dan Mandiri.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Khirani Berulang Tahun, Mayangsari Ingatkan Ini

Posted: 30 Mar 2019 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat 30 Maret 2019, putri semata wayang Mayangsari dan Bambang Trihatmodjo, Khirani Siti Hartina Trihatmodjo berulang tahun ke-13. Mayang dan suami memberikan kue ulang tahun lengkap dengan lilinnya.

Momen kebahagiaan ini dibagikan Mayangsari di akun Instagramnya. Mayang dan suami kompak mencium pipi putrinya tersebut.

Sementara, Khirani menerima kecupan sayang dari Mayangsari dan Bambang dengan wajah bahagia. 

 

Ingatkan Ini

Mayangsari (Foto: Instagram)

Dalam keterangan foto, tak lupa Mayangsari menyelipkan doa untuk putrinya tersebut. Ia juga mengingatkan Khirani untuk tak meninggalkan salat.

"Happy bday cintanya mama papa. Barokah di usiamu 13 tahun. Panjang umur sehat selalu nak. Jangan tinggalkan salat juga niat baikmu terhadap orang lain. Selalu jaga santunmu. Allah SWT bless you. Mama Papa Love U so much, Happy bday," tulis Mayangsari.

 

Banjir Doa

Mayangsari

Kolom komentar Mayangsari dibanjiri doa dari para rekan artis dan sosialita. Di antaranya ada Yuni Shara dan Melly Goeslaw yang turut mendoakan si cantik Khirani.

"Happy Birthday Khiran. Inget Cello waktu nyanyi di Bday nya Khiran, masih pada kecil," tulis @yunishara36.

"Happy milad Khiran, Barakallahu Fi Umrik," imbuh @melly_goeslaw.(Tyssa Madelina/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY: Kondisi Ibu Ani Stabil dan Punya Semangat Melawan Kanker Darah

Posted: 30 Mar 2019 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan kondisi terkini ibundanya, Ani Yudhoyono yang menderit penyakit kanker darah atau leukimia. Hal itu disampaikan dalam acara Grand Launching Metode At-Taisir Cara Cepat Menghafal Al-Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat.

"Sampai dengan hari ini Ibu Ani masih menjalani perawatan dan pengobatan yang intensif," kata AHY di lokasi, Minggu (31/3/2019).

Dia melanjutkan, sampai ini Ibu Ani masih bersemangat menjalani pengobatan. Meskipun setiap proses pengobatannya memiliki efek samping yang cukup berat.

"Masih dalam kondisi yang stabil, karena untuk melawan kanker darah diperlukan daya tahan yang baik. Obat-obat yang dikonsumsi pun memiliki efek samping yang berat," ungkap AHY.

"Tapi alhamdulillah Ibu Ani sekarang stabil dan terus memiliki semangat untuk mengalahkan kanker atau fighting spirit yang kuat untuk bisa melawan kanker darah," sambung dia.

Sementara, Ketua MPR Zulkifli Hasan yang ikut menghadiri acara Grand Launching Cara Cepat Menghapal Al Quran Metode At-Taisir di Masjid Istiqlal, juga sempat mendoakan Ibu Ani Yudhoyono.

"Hari ini kita juga bersama-sama mendoakan Ibu Ani supaya diberikan kesabaran dan segera diangkat penyakitnya," kata Zulkifli.

Selain itu, dia juga sempat mendoakan hal lainnya untuk AHY. Dia mendoakan AHY untuk bisa menjadi the next leader.

"Mas AHY ini kita doakan jadi next pemimpin kita, kalau saya dari dulu sudah mendukung" ungkap Zulkifli.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming ONE Championship: A New Era

Posted: 30 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jepang menyambut hajatan besar ONE Championship untuk pertama kalinya. Gelaran dengan tajuk ONE: A New Era akan dihelat di Negeri Matahari Terbit, tepatnya di Ryogoku Kokugikan, Tokyo, hari ini.

Bisa dibilang ini merupakan ajang ONE Championship terbesar yang pernah digelar. Pasalnya, ada empat juara akan coba mempertahankan gelar mereka.

Juara ONE lightweight, Eduard Folayang akan berhapadan dengan Sinya Aoki, juara middleweight, Aung La N Sang ditantang Ken Hasegawa. Sedangkan juara kelas bantam, Kevin Belingon akan menghadapi Biabiano Fernandes.

Sementara juara dunia wanita kelas jerami, Xiong Jing Nan akan menghadapi Angela Lee.Ajang One Championship kali ini juga akan menarik karena bakal jadi ajang debut dua petarung Amerika Serikat, Demetrious Johnson dan Eddie Alvarez.

Sementara Anthony Engelen akan jadi satu-satunya wakil Indonesia di gelaran ONE: A New Era.

Ajang ONE Championship: A New Era dapat Anda saksikan melalui live streaming mulai pukul 13.00 WIB.

Dapatkan link Live Streaming ONE Championship: A New Era di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming ONE Championship: A New Era silakan klik di sini .....

 

Daftar Duel Live ONE Championship: A New Era

ONE: A New Era (ONE Championship)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zidane Belum Jamin Masa Depan Bale di Real Madrid

Posted: 30 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane, masih enggan membahas masa depan Gareth Bale terlalu dini. Pria asal Prancis tersebut mengaku lebih fokus untuk merampungkan sisa laga pada musim 2018/19 ini.

Memastikan masa depan Gareth Bale jadi salah satu tugas berat Zidane. Sebab, dia dalam pilihan yang sulit. Mendepak Bale yang tidak kunjung mampu bermain konsisten atau memberi kesempatan lagi musim depan.

Bale juga disebut sudah tidak lagi betah bermain di Real Madrid. Dia kerap jadi sasaran kemarahan fans saat Madrid meraih hasil buruk. Sejumlah klub asal Inggris disebut tertarik pada pemain 29 tahun.

Zinedine Zidane mengaku belum membuat keputusan apa pun soal masa depan Gareth Bale atau pemain lain. Sebab, dia punya prioritas lain. Pelatih 46 tahun tersebut lebih fokus pada 10 laga tersisa yang harus dijalani Real Madrid di musim ini.

"Kami akan memainkan 10 pertandingan lagi dan kemudian kami akan melihat [masa depan Bale]," ucap Zidane dikutip dari Goal International.

Gareth Bale sejatinya tidak bermain terlalu buruk. Mantan pemain Tottenham itu telah mencetak 14 gol dari 35 laga yang sudah dimainkan. Namun, catatan itu kerap dinilai belum cukup. Bale diharap bisa menggantikan Cristiano Ronaldo.

Bicara Musim Depan

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane. (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

"Saya tidak akan berbicara tentang musim depan, kami memiliki 10 pertandingan yang tersisa," tegas eks kapten timnas Prancis tersebut.

Meskipun masih belum bisa memastikan masa depan Gareth Bale, Zidane tidak menutup mata dengan kualitas yang dimiliki olehnya. Zidane juga memberi apresiasi pada jasa-jasa besar Bale di masa lalu untuk Madrid.

Bagian Penting

"Gareth Bale adalah bagian yang penting di skuat kami, kami tahu apa yang sudah dia lakukan di sini, terutama di final Liga Champions," papar Zidane.

"Tidak ada yang bisa mengklaim apa yang sudah dia lakukan kepada kami. Kami tahu bahwa Bale bisa memberikan banyak hal kepada tim dan kami akan sangat mengandalkannya," tandas Zidane.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Perlawanan Wanita Palestina Terhadap Tentara Israel di Tepi Barat

Posted: 30 Mar 2019 09:30 PM PDT

Wanita Palestina berjalan selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3).(Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Wanita Palestina berjalan selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3).(Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Wanita Palestina berlari menjauhi semprotan kendaraan meriam air Israel selama bentrokan dalam demonstrasi memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3). (Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Wanita Palestina berlari menjauhi semprotan kendaraan meriam air Israel selama bentrokan dalam demonstrasi memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3). (Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Seorang wanita Palestina membawa batu selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3).(Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Seorang wanita Palestina membawa batu selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3).(Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Seorang wanita Palestina menutupi wajahnya dengan kaffiyeh selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3).(Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Seorang wanita Palestina menutupi wajahnya dengan kaffiyeh selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3).(Photo by ABBAS MOMANI/AFP)

Para wanita mengibarkan bendera Palestina selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3). (Photo by ANAS BABA/AFP)

Para wanita mengibarkan bendera Palestina selama bentrokan dengan tentara Israel dalam demonstrasi untuk memperingati Hari Tanah di Tepi Barat, Sabtu (30/3). (Photo by ANAS BABA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Rempah Sakti Rebutan Penjajah

Posted: 30 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rempah merupakan segala tanaman yang dapat diolah menjadi obat, makanan, maupun wewangian. Indonesia sendiri terkenal sebagai negara yang memiliki kekayaan kuliner bercita rasa tinggi. Sebut saja rendang, mi Aceh, rawon, dan lainnya.

Indonesia memiliki rempah yang sangat melimpah. Sejak dulu dikenal oleh penjajah Portugis, Belanda, dan Inggris. Rempah menjadi daya tarik untuk mengeksplorasi berbagai wilayah Indonesia.

Terdapat tiga rempah yang menjadi magnet bagi penjajah untuk mengambil harta karun ini.

1. Merica

Faktanya, merica merupakan bahasa India dari merica. Dahulu, orang India berlayar ke Indonesia dan menanam bibit merica di Banten, Jawa Barat.

"Merica bahasa India, Tapi kita nyebutnya sahang. Sampai sekarang orang Sumatera, Kalimatan, masih menyebut merica sahang. Merica itu bahasa komersial," cerita arkeolog, Junus Satrio Atmudjo di International Forum on Spice Route (IFSR) 2019 di Museum Nasional, Jakarta, Jumat, 22 Maret 2019.

2. Cengkih

Minyak cengkih ternyata dipakai untuk mengawetkan mumi raja-raja Mesir pada abad ke-10 sebelum Masehi (SM). Khasiatnya yang bisa membunuh jamur dan mematikan organisme pembusukan dalam tubuh manusia.

Tapi, tahukah Anda kalau cengkih adalah rempah asli Indonesia? Cengkih berasal dari Ambon, Maluku. Belanda melakukan pelayaran ke Mongi, Maluku dan menemukan kekayaan cengkih di sana. Merekalah pelaku utama yang menyebabkan harga cengkih melebihi emas.

"Pohon-pohon cengkih itu ditebangin sama mereka supaya harga cengkih naik. Biar keuntungannya besar. Itu yang menyebabkan Pattimura memberontak," sambung Junus.

3. Pala

Rempah ini pun tak kalah populer. Tumbuhan ini asli dari Indonesia, meskipun pohon pala menjulang besar dan panennya tidak terlalu banyak.

Cengkih dan pala yang asli Indonesia itu pun dibawa Inggris ke luar negeri. Inggris membawa ke negara-negara yang juga memiliki iklim tropis yaitu Srilanka dan Zanzibar di Afrika.

"Jadi, pala, cengkih yang dibawa dari Ambon akhirnya ditanam di benua India dan di Afrika. Sejak itu harganya turun," pungkas arkeolog tersebut.(Fairuz Fildzah)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Main Film Horor, Ussy Sulistiawaty Ketagihan

Posted: 30 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ussy Sulistiawaty berkesempatan mendapatkan peran utama dalam sebuah film horor terbaru, Lukisan Ratu Kidul. Dalam film tersebut, Ussy Sulistiawaty beradu akting dengan Teuku Zacky.

Kesempatan ini menjadi kali pertamanya Ussy Sulistiawaty bermain film horor. Meski begitu, Ussy Sulistiawaty tidak merasa kapok. Sebaliknya, ia justru ketagihan.

"Memang ini film horor pertama aku tapi kalau dibilang kapok, enggak. Karena di sini dapat banyak pembelajaran salah satunya adalah waktu kesurupan, ternyata pas baca adegan kesurupan tadi kita menghabisi waktu dua hari karena itu ada fighting dan gendong-gendongan," tutur Ussy Sulistiawaty, saat gala premiere Lukisan Ratu Kidul, di Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019).

 

Film Laga

Insert Fashion Award 2019 (Nurwahyunan/Fimela.com)

Kendati demikian, Ussy Sulistiawaty tak menutup diri dari film bergenre lain. Saat ini film yang ingin ia bintangi adalah film bergenre action.

"Saya maunya enggak cuma horor, apa tuh yang pukul-pukulan? Action. Muka begini tapi mau action," katanya sambil tertawa.

4 April

Lukisan Ratu Kidul (Foto: YouTube)

Lukisan Ratu Kidul akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai 4 April 2019. Film ini mendapatkan jatah 150 buah layar di seluruh Tanah Air.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN: Jokowi Lebih Visioner dan Membumi di Debat Keempat Pilpres

Posted: 30 Mar 2019 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Hasto Kristiyanto menilai, dalam debat capres keempat yang digelar Sabtu malam, memperlihatkan karakter kepemimpinan capres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi yang lebih visioner dan membumi dibandingkan capres nomor trut 02 Prabowo Subianto.

"Dalam tampilan penuh senyum tanpa emosi, Jokowi menerima serangan 13 kali, sementara Jokowi membalas dengan jawaban membumi, dan serangan halus sebanyak tiga kali. Senyuman Jokowi penuh harapan, mencari solusi persoalan dan membangun masa depan. Sementara serangan Prabowo hanyalah ilusi persoalan, jebakan masa lalu di Hambalang," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Sekjen PDI Perjuangan itu mencontohkan ketakutan Prabowo terhadap laporan ABS, kekayaan yang hilang ke luar negeri, korupsi stadium 4, kebocoran parah, hingga pernyataannya lebih memilih menggunakan teknologi lama. Semua hal itu dapat menjadi ilustrasi bagaimana Prabowo masih terjebak dalam memori masalah masa lalu.

"Mengatasi laporan ABS secara sederhana diatasi dengan datang ke lapangan, monitoring, evaluasi dan membangun sistem transparansi digital, terapkan teknologi IT. Itulah yang dilakukan Jokowi," kata Hasto.

Ia juga mengibaratkan, penggunaan teknologi lama yang disampaikan Prabowo seperti kuda, sedangkan teknologi modern yang digunakan Jokowi seperti mobil Kijang.

"Dengan tidak mengurangi rasa hormat terhadap kegemaran Pak Prabowo memelihara kuda impor, dalam sistem transportasi, maka mobil Kijang dengan daya laju yang melaju begitu besar akan mengalahkan teknologi lama kuda dari Hambalang," ujar Hasto.

Demikian juga halnya dalam politik pertahanan, lanjut Hasto, Jokowi percaya pada laporan TNI, membangun kebanggaan terhadap martabat dan jati diri TNI untuk menguasai dan kembangkan teknologi persenjataan, dan siber.

"Serta memperkuat gelar pasukan di wilayah strategis terluar NKRI adalah pilihan utama dan komitmen pembumian politik pertahanan Jokowi untuk TNI," kata Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AC Milan Takluk dari Sampdoria Gattuso: Kami Tidak Beruntung

Posted: 30 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Genoa - Laga pekan ke-29 Serie A yang dilakoni AC Milan pada Minggu (31/3) dini hari tadi berakhir kurang menyenangkan. Melawan Sampdoria di markasnya, Stadio Luigi Ferraris, skuat besutan Gennaro Gattuso tersebut harus pulang dengan tangan hampa.

Satu gol Gregoire Defrel sudah cukup untuk membuat I Rossoneri merasakan kekalahan tipis 0-1. Pemain asal Prancis itu membuat kejutan dengan mencetak gol saat pertandingan bahkan belum berjalan satu menit.

Bisa dibilang, pria berumur 27 tahun tersebut cukup beruntung. Gianluigi Donnarumma selaku kiper AC Milan kala itu mencoba untuk menyapu bola keluar dari wilayahnya. Di luar dugaan, bola tersebut mengenai kaki Defrel dan berbelok masuk ke gawang Rossoneri.

Melihat blunder tersebut, Gattuso pun yakin kekalahan timnya di laga tersebut pantas untuk disebut sebagai ketidakberuntungan. Walau ia tak memungkiri bahwa serangkaian kesalahan juga berkontribusi dalam kegagalan AC Milan mencetak gol balasan.

"Kami sangat tidak beruntung dengan gol itu, lalu membuat terlalu banyak kesalahan sederhana, melakukan sentuhan terlalu banyak, dan tak mampu membangun serangan dari belakang sesuai yang kami inginkan," tutur Gattuso kepada DAZN.

"Meskipun demikian, kinerja mereka masih layak. Saat Samp menekan kami, kami terlalu sering membiarkannya, sehingga mereka mendapat waktu untuk membentuk permainannya," lanjutnya.

Tidak Berubah

Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso. (AP Photo)

Kekalahan tersebut sejatinya tidak membuat posisi Milan di klasemen Serie A berubah, meskipun jika AS Roma selaku penghuni peringkat lima mampu meraih kemenangan. Hanya saja, Giallorossi bakal makin mendekat jika mampu meraih poin penuh atas Napoli malam nanti.

Mengingat bahwa mereka juga menelan kekalahan atas Inter di akhir pekan sebelum jeda internasional, maka Milan patut khawatir dengan performanya belakangan ini. Tapi Gattuso masih menanggapi situasi tersebut dengan santai.

Mencoba Bangkit

"Kami baru saja menelan kekalahan dar Inter, kami kalah hari ini karena insiden yang kurang beruntung, tapi tim mencoba untuk bangkit dari itu. Masih ada pertandingan yang tersisa dan kami tidak seharusnya merasa pesimis," tandasnya.

Laga Milan selanjutnya akan berlangsung tengah pekan ini, dengan Udinese sebagai lawannya. Kans Krzysztof Piatek dkk untuk meraih kemenangan pada pertandingan tersebut cukup besar karena akan digelar di markasnya sendiri, San Siro.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Operasi Komersial, Penumpang MRT Tembus 160 Ribu per Hari

Posted: 30 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT MRT Jakarta optimis mampu mengangkut penumpang sebanyak 65 ribu per hari saat mulai beroperasi secara komersil pada 1 April 2019, besok.
 
Corporate Secretary MRT Jakarta, Muhammad Kamaluddin mengatakan, antusias masyarakat untuk menggunakan MRT terus meningkat selama masa uji coba publik sejak 12 Maret 2019 lalu. 
 
"Jadi memang animo masyarakat meningkat terus," ujar dia di Jakarta, Minggu (31/3/2019).
 

 
Dia menjelaskan, pada hari pertama uji coba publik, MRT Jakarta mengangkut sebanyak 40 ribu penumpang dalam sehari. Namun pada Sabtu kemarin, jumlah penumpang MRT tembus 160 ribu orang dalam satu hari.
 
"Kemarin terakhir luar biasa, kemarin 160 ribu penumpang, sehari sebelumnya 99 ribu penumpang. Awalnya 40 penumpang per hari waktu di awal uji publik, naik terus menjadi 160 ribu penumpang per hari," kata dia.
 
Melihat antusias penumpang yang tinggi, lanjut Kamaluddin, pihaknya optimis saat beroperasi secara komersil bisa mengangkut 65 ribu penumpang seperti yang ditargetkan pemerintah.
 
"Untuk penumpang saat beroperasi komersial minimal 65 ribu penumpang per hari. Jadi kita konsisten dengan target yang diterapkan pemerintah sebelumnya. Kami harapkan lebih," tandas dia.

Operasi Komersial MRT Jakarta Tunggu Pergub Terbit

Warga saat mencoba menaiki moda raya Terpadu  Mass Rapid Transit  MRT di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Jumat (29/3). Terkait tarif kereta MRT minimum yag telah disepakati adalah Rp.3000 sampai maksimum Rp.14.000 dari Lebak Bulus- Bundaran HI. (merdeka.com/Imam Buhori)

PT MRT Jakarta masih menunggu terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta terkait pengoperasian MRT secara komersial. Rencananya, mulai 1 April 2019 besok, moda transportasi massal tersebut beroperasi secara komersial dan tidak lagi gratis.

Corporate Secretary MRT Jakarta, Muhammada Kamaluddin mengatakan, rencananya Pergub tersebut akan diumumkan pada hari ini.

"Nanti akan diumumkan oleh pemerintah provinsi, akan diumumkam segera, hari ini atau malam ini," ujar dia di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Pergub tersebut salah satunya menetapkan tarif MRT Jakarta yang akan dipatok sebesar Rp 14 ribu untuk jarak terjauh.

"Itu juga tunggu saja tertulisnya seperti apa. Kami akan ikuti sebagaimana arahan pemerintah provinsi," lanjut dia.

Kamaluddin belum bisa mastikan apakah MRT tetap akan digratiskan jika hingga hari ini Pergub tersebut belum keluar. Namun dia optimis payung hukum ini akan segera terbit.

"Kami optimis (terbit hari ini), karena kami mengikuti semua prosesnya kami optimis pergubnya bisa diterbitkan. Tunggu saja pengumuman dari pemerintah," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen La Liga Pekan ke-29: Barcelona Kokoh di Puncak

Posted: 30 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen La Liga Spanyol. Hal ini tidak lepas dari kemenangan atas Espanyol, dinihari WIB tadi.

Ya, bermain di Camp Nou, Barcelona tampil percaya diri. Lionel Messi menjadi bintang dengan mencetak dua gol.

Kemenangan membuat Barcelona mengoleksi 69 poin dari 29 laga La Liga. Rinciannya, Barcelona menang dalam 21 laga, enam imbang, dan hanya dua kali kalah.

Sementara posisi kedua dipegang Atletico Madrid. Mereka mengoleksi 59 poin dari jumlah laga yang sama dengan Barcelona.

Berikut klasemen lengkap La Liga yang disiarkan eksklusif SCTV ini hingga pekan ke-29:

 

Klasemen

1. Lionel Messi (Barcelona) - 29 gol dan 12 assist (AFP/Pau Barrena)

Hasil La Liga

Bek Barcelona, Gerard Pique, merayakan gol yang dicetak Lionel Messi ke gawang Valladolid pada laga La Liga di Stadion Camp Nou, Barcelona, Sabtu (16/2). Barcelona menang 1-0 atas Valladolid. (AFP/Pau Barrena)

Hasil La Liga:

Girona 1-2 Athletic Bilbao

Getafe 0-2 Leganes

Barcelona 2-0 Espanyol

Celta Vigo 3-2 Villarreal

Alaves 0-4 Atletico Madrid

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Kecelakaan di MotoGP yang Merenggut Nyawa Pembalap

Posted: 30 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gelaran MotoGP 2019, Senin (1/4/2019) akan diselenggarakan di Sirkuit Autódromo Termas de Río Hondo, Argentina. Seperti diketahui sebelumnya, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, tampil cemerlang pada sesi latihan bebas ketiga (free practice 3/FP3) MotoGP Argentina 2019.

 

Kejuaraan dunia MotoGP atau kerap disebut sebagai MotoGP adalah kelas utama dari seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. MotoGP juga sering disebut dengan nama resminya FIM MotoGP Word Championship. Balapan sepeda motor kelas dunia ini memulai musim pertamanya pada tahun 1949 dan berpacu pertama kali di Sirkuit Assen di Belanda. Hingga sekarang MotoGP sudah berada di musim 2019 dan merupakan musim ke-71 dari Kejuaraan Dunia MotoGP.

Kejuaraan dunia MotoGP pada dasaranya adalah salah satu olahraga yang berhubungan dengan kecepatan tinggi. Resiko utama dari olahraga ini adalah adanya kecelakaan yang dapat menyebabkan cidera, bahkan dapat berujung maut bagi pembalapnya.

Berbagai penyebab dapat menjadi latar belakan terjadinya kecelakaan yang bisa menyelakai pembalap. Mulai dari kondiri sepeda motor, kondisi jalan atau sirkuit, kondisi cuaca seperti hujan, dan bahkan karena pembalap lain yang berada di satu sirkuit.

Meskipun para pembalap MotoGP sudah dibekali dengan skill yang profesional dan juga peralatan keamanan yang cukup canggih, pembalap masih bisa terluka bahkan berujung meninggal apabila mengalami kecelakaan yang parah.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa kecelakaan yang terjadi di Kejuaraan dunia MotoGP yang membuat pembalap terluka parah bahkan meninggal dunia, Minggu (31/03/2019).

1. Marco Simoncelli

Mendiang Marco Simoncelli dan Valentino Rossi bersahabat (Foto: MotorLands.eu)

Marco Simoncelli adalah salah satu pembalap MotoGP yang berasal dari Italia dan cukup terkenal karena karakter balapannya yang cukup garang. Pria yang lahir pada 20 Januari 1987 ini merengggang nyawa di sirkuit International Sepang, Malaysia 23 Oktober 2011 pada MotoGP Malaysia 2011 lalu.

Marco Simoncelli kehilangan kendali motornya pada tikungan ke-11 lap kedua. Ia kemudian mengarah ke sisi kanan lintasan di mana pembalap Tech 3 Yamaha, Colin Edward berada tepat di belakangnya.

Tabrakan keras tidak terhindarkan, dan membuat ban depan milik Edward menghantam tubuh Simoncelli dan membuat keduanya terseret kebagian pasir di sisi kanan lintasan.

Valentino Rossi juga berada di belakang Colin Edward, namun untungnya dia dapat menghindar, meskipun terpaut sangat tipis sekali. Simoncelli dinyatakan meninggal dunia karena luka serius yang dideritanya.

2. Shoya Tomizawa

Shoya Tomizawa_(AFP/Josep Lago)

Shoya Tomizawa adalah pembalap MotoGP yang cukup dinantikan prestasinya oleh publik Jepang. Namun sayang, ia mengalami kecelakaan pada tahun 2010 di gelaran MotoGP Mizano, dan menghentikan langkahnya pada usia yang terbilang masih cukup muda yaitu 19 tahun. Kecelakaan Shoya Tomizawa juga melibatkan 3 pembalap lainnya yaitu, Shoya Tomizawa, Alex De Angelis, dan Scott Redding.

Pada awalnya Shoya Tomizawa tidak mampu mengendalikan motornya yang mengalami selip ban, dan akhirnya terjatuh. De Angelis dan Redding yang berada di belakangnya tidak sempat menghindar dan melindas tubuhnya. Tomizawa sempat mendapatkan pertolongan dari tim medis, namun sayang nyawanya tidak bisa tertolong lagi.

3. Dajiro Kato

Japanese Grand Prix (sumber: MotoGP)

Pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan di sirkuit selanjutnya adalah Dajiro Kato. Dajiro Kato juga merupakan pembalap MotoGP yang cukup dinantikan oleh warga Jepang.

Sebuah kecelakaan tunggal dialami Dajiro pada GP Jepang 2003 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka. Kecelakaan tunggal ini terjadi ketika Dajiro tidak bisa mengontrol motornya dan menabrak dinding pembatas dengan keras.

Meskipun sebenarnya harapan hidupnya masih ada, namun Dajiro Kato akhirnya meninggal dan tidak dapat tertolong lagi. Kecelakaan ini juga menjadi pukulan yang cukup besar bagi warga Jepang, karena kecelakaan Dajiro Kato terjadi di tempat asalnya sendiri.

Itulah beberapa kecelakaan yang terjadi di ajang bergengsi Kejuaraan Dunia MotoGP. Musibah memang tidak bisa dihindarkan, meskipun seseorang sudah profesional dan menggunakan peralatan keamanan yang cukup tinggi, jika takdir sudah di depan mata, maka tidak bisa dielakkan lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY Hadiri Acara Doa Bersama untuk Ani Yudhoyono di Masjid Istiqlal

Posted: 30 Mar 2019 09:05 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri Grand Launching Metode At-Taisir Cara Cepat Menghafal Al-Quran di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Dalam acara tersebut juga tersisip doa untuk Ani Yudhoyono, ibu AHY yang juga istri Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Kita doakan ibu ananda AHY," kata ustaz Adi Hidayat di lokasi, Minggu (31/3/2019).

Kegiatan doa itu langsung disambut baik oleh AHY. Dia mengaku terharu ada pihak yang ingin menyelenggarakan acara doa untuk ibundanya.

"Saya selalu berterima kasih karena masyarakat Indonesia terus berkenan memberikan doa untuk Ibu Ani. Akhirnya saya sekali lagi mengucapkan terima kasih," ucap AHY.

Dia mengatakan, sampai saat ini Ibu Ani masih menjalani perawatan secara intensif. Maka dari itu, dia mengucapkan terima kasih pada semua pihak yang telah mendoakan kesehatan ibunya.

"Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya," ucap AHY.

Acara ini juga dihadiri oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Duta Besar Irak untuk Indonesia, Abdullah Hasan Saleh.

 

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Situs Sekaran, Bangunan Suci di Ruas Tol Pandaan - Malang

Posted: 30 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Pada awal Maret 2019, pembangunan Tol Pandaan-Malang Seksi V yang menghubungkan Pakis, Kabupaten Malang dan wilayah Kota Malang harus terhenti karena ditemukan susunan batu bata yang memiliki dimensi berbeda dengan batu bata umumnya.

Batu bata tersebut, memiliki dimensi panjang 22,5-38 centimeter dan lebar 19,5-24,5 centimeter. Sementara batu bata standar yang dipergunakan pada bangunan saat ini, umumnya memiliki panjang kurang lebih 24 centimeter dan lebar 11,5 centimeter.

Batu bata yang ditemukan di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang pada ruas Tol Malang-Pandaan, tepatnya kilometer 37 tersebut, diduga bagian dari bangunan yang berasal dari era pra-Majapahit.

Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Jawa Timur dalam waktu cukup singkat langsung melakukan ekskavasi di sekitar area temuan batu bata merah itu. Pengamatan saat itu, temuan batu bata tersebut memang memiliki dimensi yang lebih besar.

Bahkan, batu bata tersebut lebih besar daripada ukuran bata yang ada di Kawasan Cagar Budaya Trowulan. Teknik penyusunan batu bata tersebut menggunakan teknik batu gosok, sehingga kesimpulan awal dinyatakan bahwa temuan tersebut berasal dari era pra-Majapahit, dilansir Antara.

Terlebih, setelah pihak BPCB Trowulan Jawa Timur melakukan pendataan, pihaknya mendapatkan temuan lepas berupa fragmen porselen dan mata uang asal Republik Rakyat Tiongkok (RRT) masa Dinasti Song,abad X hingga XIV.

Penemuan tumpukan batu bata tersebut dilakukan secara tidak sengaja, pada saat pihak Jasa Marga harus mengeruk tanah sedalam tiga mater di area itu. Dalam rencana awal, tidak ada penggalian sedalam tiga meter di area tersebut, hanya perlu pembersihan sedalam 30 centimeter, kemudian dilakukan proses pengerasan.

Namun, karena di Desa Sekarpuro itu terdapat Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT), diperlukan jarak aman antara tanah atau ruas tol dengan tinggi SUTT, setinggi sembilan meter. Pada kondisi awal, jarak antara tanah dan SUTT itu hanya setinggi enam meter.

Alhasil, atas dasar standar keamanan, pihak Jasa Marga melakukan pengerukan sedalam tiga meter di lokasi itu. Saat dilakukan pengerukan, ternyata alat berat yang melakukan penggalian, secara tidak sengaja menggerus susunan batu bata merah itu.

"Begitu kami koordinasi dengan SUTT, untuk 'clearance' kurang. Seharusnya sembilan meter, itu hanya enam meter, sehingga kami harus turun tiga meter. Begitu kami turun, kami menyenggol susunan batu bata itu," kata Project Manager II PT Jasa Marga Lawang-Malang Indrawan, belum lama ini.

Ruas jalan Tol Pandaan-Malang terbagi menjadi lima seksi. Seksi satu menghubungkan Pandaan dengan Purwodadi di Kabupaten Pasuruan, seksi dua Purwodadi menuju Lawan, Kabupaten Malang, seksi tiga Lawang menuju Singosari Kabupaten Malang, dan seksi empat Singosari menuju Pakis.

Panjang Tol Pandaan-Malang mencapai 38,48 kilometer yang pada 2019 ini bisa rampung dan dipergunakan masyarakat. Temuan situs arkeologi era pra-Majapahit tersebut masuk dalam ruas terakhir atau beberapa kilometer sebelum pintu keluar tol di wilayah Madyopuro, Kota Malang.

Siapkan Rekomendasi

Situs peninggalan pra Majapahit di Desa Sekarpuro, Malang, Jawa Timur, diperkirakan berbentuk kompleks bangunan (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Temuan situs tersebut diberi nama Sekaran karena letak temuannya di Dusun Sekaran, Desa Sekarpuro, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Dalam upaya untuk melestarikan Situs Sekaran, pihak BPCB Trowulan Jawa Timur menyiapkan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan terkait.

Rekomendasi tersebut berisi data-data terkait, utamanya tentang batasan keluasan situs. Dengan adanya data, khususnya tentang batasan keluasan situs, akan memudahkan pihak Jasa Marga melakukan penyusunan kembali terkait trase atau sumbu jalan.

Ketua Tim Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan terkait dengan penanganan kelestarian Situs Sekaran akan berada pada pengawasan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang.

BPCB Trowulan Jawa Timur telah melakukan pemetaan Situs Sekaran. Dari hasil temuan, terdapat klaster-klaster dengan beberapa bangunan. Selain itu, adanya bata, tiang, dinding kayu, serta atap dari bahan organik, seperti ijuk tersebut, Situs Sekaran diperkirakan sebagai kompleks bangunan suci.

Pada klaster pertama, terdapat dua bangunan dan satu gapura, serta reruntuhan. Pada klaster kedua, ditemukan dinding pembatas yang diperkirakan menjadi pembatas dengan bangunan lainnya di wilayah selatan.  Pihak BPCB belum bisa memastikan berapa panjang dinding pembatas yang membentang dari timur ke barat tersebut.

Temuan tersebut juga mencakup adanya paduraksa atau bangunan berbentuk gapura, altar, patahan keramik, dan koin gobog.

"Diperkirakan kompleks bangunan suci atau peribadatan dengan fondasi bata, tiang, dan dinding kayu, atap dari bahan organik seperti ijuk," kata dia.

Pihak BPCB Trowulan memiliki tugas menyiapkan rekomendasi kepada para pemangku kepentingan terkait dengan upaya melestarikan situs tersebut dan kelanjutan pembangunan ruas jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V.

Kebijakan terkait dengan situs dan kelanjutan pembangunan tol akan diambil oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, termasuk pihak Jasa Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Untuk pelestarian Situs Sekaran, BPCB Trowulan Jawa Timur menyatakan bahwa nantinya pihak Balai Arkeologi Yogyakarta akan melanjutkan penelitian dengan harapan bisa mengungkap secara pasti keberadaan Situs Sekaran.

"Saya sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Arkeologi Yogyakarta akan dikoordinasikan dengan para peneliti. Diperkirakan setelah Lebaran (Akan meneliti Situs Sekaran, red.)," ujar Wicaksono.

Kaji Ulang

Penelitian Situs Sekaran peninggalan pra-Majapahit bakal dilanjutkan Balai Arkeologi Yogyakarta (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Beberapa waktu lalu, pihak PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya PT Jasa Marga Pandaan Malang (JPM) memastikan akan mengkaji ulang trase atau sumbu jalan Tol Pandaan-Malang Seksi V karena adanya temuan situs arkeologi tersebut. Proses pekerjaan konstruksi di lokasi itu telah dihentikan sejak 8 Maret 2019.

Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan bahwa pihaknya dalam waktu dekat melakukan pembahasan secara mendetail dengan para pemangku kepentingan terkait. Pembahasan tersebut tentunya setelah mendapatkan rekomendasi dari pihak BPCB Trowulan Jawa Timur.

"Ya, pasti kita kaji kembali trasenya. Nanti pekan depan dirapatkan dan difinalkan," katanya usai membuka Festival Jalan Tol Pandaan-Malang di Gerbang Tol Singosari-Pandaan, Jawa Timur, pekan lalu.

Dirut PT JPM Agus Purnomo mengatakan kajian awal trase pada Seksi V ruas Tol Pandaan-Malang itu diperkirakan bergeser kurang lebih delapan meter dari garis tengah jalan (center line), mendekati lereng Kali Amprong.

"Bergesernya ke arah timur menghindari situs. Berarti, di situ akan ada perencanaan baru. Namun, itu tak perlu amdal baru karena masih dalam ROW (Right of Way) kita," kata dia.

Jika disepakati, nantinya di ruas itu akan sedikit melenceng dari desain awal, khususnya di Seksi V. Dengan adanya penyesuaian itu, target penyelesaian ruas Tol Pandaan-Malang bisa mundur kurang lebih dua hingga tiga bulan.

Pihak Jasa Marga menyatakan mendukung pengembangan dan pelestarian Situs Sekaran, termasuk menyiapkan infrastruktur pendukung, jika nantinya wilayah tersebut dijadikan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Malang.

Namun, keputusan untuk menjadikan area temuan Situs Sekaran menjadi salah satu destinasi wisata, sepenuhnya menjadi keputusan Pemerintah Kabupaten Malang. Selain langkah tersebut, selama proses ekskavasi Situs Sekaran, Jasa Marga juga menyatakan sanggup memfasilitasi, termasuk penyediaan alat-alat berat.

Pelestarian situs dan kelanjutatan pembangunan Tol Pandaan-Malang Seksi V diharapkan bisa berjalan beriringan.

Situs Suci Sekaran diharapkan menjadi temuan baru yang bisa memberikan gambaran lebih jelas tentang sejarah kerajaan-kerajaan di wilayah Kabupaten Malang, sedangkan kelanjutan pembangunan tol juga rampung dan mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat di wilayah sekitarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Ulang tahun Pernikahan, Nia Ramadhani Dapat Kado Istimewa dari Anak

Posted: 30 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nia Ramadhani dan Ardiansyah Bakrie atau Ardi Bakrie, akan memasuki sembilan tahun pernikahan pada 1 April mendatang. Jelang pernikahan, pasangan ini sudah mendapat kado istimewa dari sang anak.

Bukan berupa tas mewah, atau barang lainnya tapi ini lebih berharga. Ya, Mikhayla Zalindra Bakrie meraih tiga medali dalam kejuaraan gymnastic di Bangkok, Thailand.

Hal itu diumumkan Nia Ramadhani di Instagram Stories, Sabtu (30/3/2019). Nia memperlihatkan tiga medali yang dikalungkan di leher Mikhayla.

"Look look look, three gold and one silver. Congratulations Mikhayla," teriak Nia Ramadhani.

Kado Istimewa

Nia Ramadhani (Foto: Instagram)

Bagi Nia Ramadhani, kemenangan sang buah hati menjadi kado yang paling istimewa untuk pernikahannya dengan Ardie Bakrie.

Ia mengunggah foto Mikhayla tengah menerima piagam dalam Thai Canadian Community Sports.

"This is the best Wedding Anniversary gift from Mikha to us @ardibakrie !!!" tulisnya sebagai keterangan foto.

 

Diantar

Nia Ramadhani, dan Ardie Bakrie mengantar Mikhayla ke Bangkok. Mereka mengunggah foto saat berada di bandara Soekarno Hatta untuk berangkat ke Bangkok.

"Ready to support Mikhayla! Going to another Gymnastic competition in Bangkok," tambah Nia Ramadhani.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib vs Ewako Batam, Radovic: Semua Pemain Akan Dimainkan

Posted: 30 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Batam - Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic menyatakan skuatnya siap menghadapi uji tanding melawan Ewako Batam. Laga ini akan dimainkan di Stadion Citra Mas, Batam, Minggu (31/3/2019).

Dalam laga uji tanding, ia berjanji memainkan semua pemain Persib yang dibawa ke pemusatan latihan di Batam. "Semua pemain bagus. Semua pemain sehat. Semua pemain akan main besok (hari ini). Besok itu game pertama untuk uji tanding kita," kata Radovic di Batam, Sabtu (30/3/2019), seperti dikutip dari laman resmi klub.

Radovic mengaku tak sabar untuk kembali bertemu dengan bobotoh di stadion. Bahkan, pria 43 tahun itu sempat menyanjung loyalitas dan totalitas yang diperlihatkan bobotoh Batam selama enam hari Persib menjalani pemusatan latihan.

"Itu luar biasa. Mereka sangat bagus, datang dan ketemu sama pemain serta pelatih," kata Radovic.

"Semua kita senang di sini karena mereka sangat membantu kami. Luar biasa antusiasme mereka. Terima kasih khususnya untuk Viking Batam," ujarnya.

 

 

 

Jatah Bermain

Skuat Persib Bandung. (Huyogo Simbolon)

Radovic ingin memainkan semua pemain Persib pada laga uji tanding karena sebagai salah satu syarat skuatnya bisa kompetitif dalam kompetisi sesungguhnya. "Saya ingin semua main di laga itu. Tetapi, ada porsi waktunya masing- masing," papar Radovic.

"Ada yang 15 menit, ada 50 menit. Karena ini persiapan untuk kompetisi. Semua harus dapat menit bermain," ucap pelatih asal Montenegro ini.

 

Senang

Radovic menilai Ezechiel N'Douassel dan kolega kini bisa menampilkan permainan sesuai dengan yang diinginkan. Artinya, para pemain Maung Bandung semakin memahami strategi dan taktik yang direncanakan.

"Luar biasa. Mereka profesional sekali dan saya senang karena setiap hari kita terus mengalami peningkatan," ucapnya.

"Saya sudah bicara sama mereka. Kalau kita latihan seperti hari ini dan seperti kemarin, kita bisa jadi tim bagus," pungkas Radovic.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Remehkan Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Posted: 30 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tertawa lepas bisa jadi obat ampuh banyak penyakit. Paling tidak untuk sementara waktu rasa sakit sempat hilang.

Dr Rajendra Narayan Sharma dari Apollo Clinics mengungkap beberapa manfaat kesehatan dari tertaWa, seperti dilansir oleh Health Me Up berikut ini.

1. Otak lebih rileks

Tawa bisa memberikan efek antistres selama 30 - 45 menit pada tubuh, otak, dan sistem saraf manusia.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tertawa ditengarai mampu melepaskan T-cell dan sel pembunuh yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bisa menguatkan sistem imun dan bahkan bisa digunakan dalam memerangi kanker.

 

Ilustrasi orang bahagia. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

3. Mengurangi stres

Tertawa juga bisa meredakan depresi dan stres yang disebabkan oleh gaya hidup. Misalkan ketika Anda mengalami stres saat bekerja atau mengalami depresi akibat masalah yang menumpuk. Dengan tawa, Anda bisa mengurangi stres dan depresi tersebut.

4. Ibu hamil lebih bahagia

Dr Shilpa Apte dari Appolo Cradle juga mengungkap efek tawa pada calon ibu dan janin dalam kandungannya. Tawa yang dialami ibu bisa memberikan efek yang positif pada bayi yang dikandungnya. Ketika ibu bahagia dan sering tertawa, maka tingkat stres yang dirasakan calon ibu juga menurun. Dengan begitu, hal ini akan membantu pertumbuhan bayi dalam kandungannya.

 

 

Penulis: Kun Sila Ananda/Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpora: Grand Final Piala Presiden E-Sport 2019 Bagian Seleksi Atlet Sea Games 2019

Posted: 30 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 16 tim babak Grand Final Piala Presiden E-Sports 2019 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (30/3). Mereka terdiri dari delapan tim kualifikasi regional dan delapan tim penyisihan nasional. Mereka saling bertanding untuk mengukuhkan diri menjadi tim terbaik di Indonesia.

Tim yang masuk dalam kategori penyisihan nasional, yakni Onic Esports, Aerowolf, PSG.RRQ, AlterEgo. Lalu Louvre Juggernaut, Capcorn, SFI Critical, Evos Esports. Sementara tim regional terdiri dari Professional Esports (Palembang), ROC Esports (Bali), Revo (Surabaya), Starlest (Makassar). Kemudian Star8 (Manado), Nazone Gaming (Solo), Cupu (Pontianak), dan Humble (Bekasi).

Menpora menilai bahwa kejuaraan e-sports ini adalah ajang yang bagus.

"Kejuaraan ini sangat bagus, karena tidak saja sekadar menyalurkan hobi tapi ini akan memberikan motivasi bagi pemuda-pemuda yang kreatif. Lebih dari pada itu bahwa ini merupakan proses seleksi bagi para atlet yang masuk 3 besar menuju pelatnas Sea Games 2019. Kami harapkan para finalis menyiapkan diri sebaik mungkin untuk bertanding di tanggal 30-31 Maret 2019," ujar Menpora Imam Nahrawi menghadiri sekaligus menyaksikan Grand Final Piala Presiden E-Sports 2019 bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf.

"Para atlet yang masuk pelatnas ini nantinya akan kita kirim untuk bertanding ujo coba ke luar negeri, karena uji coba penting dilakukan oleh para atlet. Ini kita lakukan karena kita ingin prestasi di e-sports ini tidak kalah dengan cabang olahraga lain. Bicara prestasi, bukan semata-mata kita beri waktu untuk bermain tapi lebih dari pada itu kita harus memperhatikan gizi, fisik dan psikis. Tentu hal ini harus di dukung oleh semua pihak," tambahnya.

Terkait Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggulirkan wacana fatwa haram untuk game Player Unknown's Battlegrounds (PUBG). Menpora pun mengaku boleh-boleh saja tapi harus betul-betul obyektif.

"Boleh-boleh saja dikaji tapi harus obyektif jangan kemudian pemain PUBG dikatakan teroris. Kita harus bisa membedakan teroris dan game, karena kalau sudah jadi teroris tidak ada kaitan dengan apapun kecuali memang sudah niatnya," jelasnya.

Usai menyaksikan Babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019, Menpora mengunjungi stand-stand yang ada di Istora Senayan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solusi SD-WAN Tingkatkan Konektivitas di Era Ekonomi Digital

Posted: 30 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan survei yang dilakukan IHS Markit , 51 persen pelaku bisnis akan menggunakan layanan cloud hybrid dan 37 persen mengadopsi multi-cloud.

Kehadiran solusi software-defined wide-area network (SD-WAN), tidak hanya dapat menyelesaikan masalah transportasi dan pengurangan biaya WAN, tapi juga dapat membantu para perusahaan menciptakan basis multi-cloud yang terpusat, sehingga menjadi sebuah penawaran yang menarik bagi perusahaan yang ingin mengadopsi multi-cloud.

Untuk memenuhi kebutuhan bisnis di Indonesia, PT. Virtus Technology Indonesia, penyedia solusi keamanan dan layanan end-to-end, dan juga anak perusahaan CTI Group, memperkenalkan VMware SD-WAN oleh VeloCloud untuk memfasilitasi ekspansi bisnis dengan jaringan area latensi rendah secara otomatis dan mengurangi ketergantungan kepada infrastruktur.

Selain itu, VMware SD-WAN oleh VeloCloud menyediakan layanan jaringan yang lebih kuat dan lebih aman.

Christian Atmadjaja, Direktur PT Virtus Technology Indonesia menjelaskan sistem SD-WAN adalah solusi terbaru bagi perusahaan untuk mengatasi keterbatasan cakupan, biaya yang lebih tinggi, dan karakteristik kompleks dari arsitektur WAN tradisional.

"VMware SD-WAN menjawab kebutuhan perusahaan dalam meningkatkan bisnis dan menghadapi peningkatan permintaan untuk akses dan konektivitas dalam ekonomi digital saat ini," ujar Christian dalam keterangannya, Minggu (31/3/2019).

VMware SD-WAN oleh VeloCloud diklaim memberikan kinerja cabang yang tinggi dan dapat diandalkan untuk layanan cloud dan pusat data pribadi dalam bisnis di Indonesia.

Sistem ini juga memungkinkan ekspansi bandwidth dan keamanan jaringan yang kuat, membuatnya jauh lebih kompetitif dibandingkan teknologi SD-WAN lainnya yang relatif lebih mahal.

 

Pasar SD-WAN Global Akan Tumbuh 40,4 Persen

Selain itu, perusahaan juga dapat menikmati fleksibilitas dalam mengadaptasi sebuah solusi yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan operasional mereka serta memaksimalkan biaya yang dikeluarkan.

IDC memperkirakan pasar infrastruktur SD-WAN global akan tumbuh pada tingkat rata-rata per tahun (compound annual growth rate/CAGR) sebesar 40,4 persen dari 2017 hingga 2022, dan mencapai US$ 4,5 miliar pada 2021.

"Di Indonesia, lebih banyak perusahaan yang mentransformasi operasi bisnis mereka secara digital. Perluasan dan keamanan konektivitas cabang akan sangat penting dalam membangun fondasi digital yang kuat untuk bisnis," kata Cin Cin Go, Country Manager VMware Indonesia.

(Isk/Jek)

Saksikan Videi Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lintah Hidup Bersarang di Hidung Bocah 7 Tahun

Posted: 30 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gara-gara berenang di sungai, seorang bocah 7 tahun mengalami nasib miris. Seekor lintah masuk dan bersarang di hidungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cetak Gol untuk Kemenangan Barcelona, Messi Lampaui Rekor Casillas

Posted: 30 Mar 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Lionel Messi bukan hanya mencetak dua gol saat Barcelona menang 2-0 atas Espanyol pada pekan ke-29 La Liga, Sabtu (30/3) malam dini hari WIB. Messi juga menorehkan rekor yang sangat penting dalam sejarah La Liga.

Barcelona menang dengan skor 2-0 pada laga kontra Espanyol di Camp Nou. Gol pertama Messi dicetak lewat eksekusi tendangan bebas pada menit ke-71. Gol kedua Messi terjadi satu menit sebelum laga bubar memanfaatkan sodoran Malcom.

Kemenangan ini membuat Barcelona makin kokoh di puncak klasemen sementara La Liga dengan 69 poin. Messi pun kian aman di posisi puncak top skor sementara La Liga dengan 31 gol. Messi melesat jauh dari pemain lain.

Lionel Messi kembali mencatat sejarah. Sukses La Pulga mengantar Barcelona menang pada laga derby Catalan membuat dia kini telah mengkoleksi 334 kali kemenangan di pentas La Liga sepanjang karir profesionalnya.

Dikutip dari situs resmi Barcelona, jumlah tersebut membuat Messi jadi pemain dengan koleksi kemenangan paling banyak di La Liga. Messi melewati catatan yang sebelumnya diraih oleh legenda Real Madrid, Iker Casillas.

Casillas kini sudah tidak lagi bermain di Madrid. Dia sudah pindah beberapa tahun lalu dan kini bermain untuk FC Porto. Dengan begitu, kecil kemungkinan Casillas bisa menambah rekor kemenangan yang diraihnya.

Pertajam Rekor

Megabintang Barcelona, Lionel Messi berselebrasi setelah mencetak gol. (AP/ Emilio Morenatti)

Sementara, Messi masih berpeluang untuk mempertajam rekor kemenangan yang dia raih. Pemain asal Argentina masih aktif bermain. Dia berusia 32 tahun dan nampaknya masih akan bermain untuk Barca hingga beberapa tahun ke depan.

Satu lagi catatan apik diraih Lionel Messi usai laga derby Catalan. Messi mampu menunjukkan konsistensi yang luar biasa dalam urusan mencetak gol. Dua gol ke gawang Espanyol membuat Messi kini telah mencetak 40 gol di semua laga musim 2018/19.

40 Gol

Dengan begitu, seperti dicatat oleh Squawka, maka Messi telah sukses mencetak 40 gol atau lebih dalam 10 musim terakhir. Hebatnya, Messi melakukan itu secara beruntun. Messi begitu konsisten memberi donasi banyak gol untuk Barca.

Sementara itu, Barca kini unggul 13 poin dari Atletico Madrid di klasemen La Liga. Peluang Blaugrana untuk bisa mendapatkan gelar juara La Liga begitu besar dengan jarak poin tersebut.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Slovakia Punya Presiden Perempuan Pertama

Posted: 30 Mar 2019 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Bratislava - Slovakia punya kepala negara perempuan pertama dalam sejarah negara itu. Zuzana Caputova terpilih sebagai presiden setelah berhasil memenangkan Pilpres 2019.

Caputova, yang hampir tidak memiliki pengalaman politik, mengalahkan diplomat terkenal Maros Sefcovic dari partai yang memerintah lewat pemilihan putaran kedua, demikian seperti dikutip dari BBC, Minggu (31/3/2019).

Dengan hampir semua suara dihitung, Caputova telah memenangkan sekitar 58 persen, sementara Maros Sefcovic mendulang 42 persen pada putaran kedua.

Untuk diketahui, dalam pemungutan suara putaran pertama, Caputova memenangkan 40 persen suara, dengan Sefcovic meraih kurang dari 19 persen.

Sang presiden, membingkai pemilihan itu sebagai perjuangan antara "yang baik dan yang jahat."

Caputova juga mereferensi kasus pembunuhan jurnalis investigasi tahun lalu sebagai alasannya maju sebagai kandidat capres.

Jan Kuciak diduga tewas ketika tengah meliput dugaan hubungan antara politisi dan kejahatan terorganisir di Slovakia ketika dia ditembak bersama tunangannya, Martina Kusnirova, pada Februari 2018 --atau beberapa bulan jelang pemungutan suara berlangsung.

Pembunuhan tersebut memicu gelombang protes jalanan terbesar di Slovakia sejak demonstrasi anti-Komunis tahun 1989 dan menyebabkan pengunduran diri kepala pemerintahan kala itu, Perdana Menteri Robert Fico.

Caputova mengawali karierya sebagai pengacara ternama ketika dia memimpin sebuah kasus melawan tempat pembuangan limbah ilegal yang berlangsung selama 14 tahun.

Berusia 45 tahun, seorang janda cerai dan ibu dua anak itu adalah anggota partai Progressive Slovakia berhaluan liberal, yang tidak memiliki kursi di parlemen.

Di negara di mana pernikahan sesama jenis dan adopsi belum sah, pandangan liberalnya mempromosikan hak komunitas LGBTQ+.

Lawan yang dikalahkannya, Maros Sefcovic, adalah diplomat ternama Slovakia yang juga menjabat sebagai wakil presiden Komisi Eropa.

Sefcovic dicalonkan oleh partai Smer-SD yang saat ini memimpin pemerintahan, yang dipimpin oleh Robert Fico. Namun, partai itu tengah tercoreng noktah hitam usai PM Fico terpaksa mengundurkan diri guna menjawab protes massa, menyusul mengemukanya kasus pembunuhan jurnalis Jan Kuciak.

Sebagian besar massa menuduh pemerintahan Fico dan partai Smer-nya secara tidak langsung bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut. Penyelidikan selanjutnya menemukan hubungan antara pria yang sekarang dituduh memerintahkan pembunuhan, Marian Kočner, dan politisi serta pejabat terkemuka.

 

Simak video pilihan berikut:

Suara Harapan Kebangkitan Demokrasi di Slovakia

Presiden Slovakia, Zuzana Caputova (Vladimir Simicek / AFP PHOTO)

Meski jabatan presiden di Slovakia hanya sebatas seremonial semata -dengan tugas sehari-hari pemerintahan dijalankan oleh perdana menteri-, namun kemenangan Zuzana Caputova dianggap sebagai simbol harapan kebangkitan demokrasi bagi negara yang terletak di Eropa Tengah dan Timur itu, demikian seperti dikutip dari Politico Europe.

Caputova juga digadang mampu mendongkrak hubungan yang positif antara Bratislava dengan Uni Eropa.

Perempuan itu mengatakan kepada Politico dalam sebuah wawancara beberapa hari sebelum kemenangannya, "Fokus utama saya adalah membawa perubahan di Slovakia, dan agar Slovakia menjadi mitra Uni Eropa yang andal."

Caputova juga mengatakan bahwa kemenangannya dapat memberanikan aktivis anti-korupsi dan liberal di seluruh Benua. "Jelas di UE tetapi juga, secara lebih luas, di Eropa, perkembangan di satu negara mempengaruhi peristiwa di negara lain dan dapat memiliki efek inspirasional," katanya.

Michal Repa, kepala tim pemenangannya, mengatakan ada kerinduan di negeri itu untuk pendekatan pemerintahan baru.

"Melalui kelompok fokus dan pemungutan suara, kami menemukan bahwa, terlepas dari ketidaksepakatan kebijakan apa pun dan kesenjangan politik dari kedua sisi, mereka semua disatukan oleh ketidakpercayaan pada politisi dan penolakan mereka terhadap ketidakadilan yang sangat besar yang membayangi masyarakat Slovakia."

"Kejujuran, keaslian Zuzana, karisma alami dan catatan kuatnya sebagai seorang aktivis melawan ketidakadilan, menjawab kerinduan pemilih akan kandidat yang jujur ​​dan andal yang akan memerangi ketidakadilan," katanya.

Kemenangannya tentu saja merupakan pukulan bagi presiden populis dan anti-imigran Republik Ceko yang bertetangga, Milos Zeman, yang vokal menyuarakan dukungannya pada Maros Sefcovic.

Meski posisi presiden Slovakia sebagian besar adalah jabatan seremonial, Caputova mengatakan bahwa dia bermaksud untuk sangat aktif dalam memastikan keadilan bagi semua warga Slovakia demi memperkuat independensi kantor kejaksaan umum dan dalam penamaan hakim.

Dia juga akan berkontribusi penuh dalam memerangi kampanye yang dipelopori oleh Fico untuk membatasi independensi media Slovakia dengan mengubah Kode Pers Slovakia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Nanti Malam: Liverpool Melawan Tottenham

Posted: 30 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah libur karena ada pertandingan internasional, Liga Inggris kembali bergulir lagi. Super big match terjadi jadwal Liga Inggris pekan 32 ini, pemuncak klasemen Liverpool akan bersua Tottenham Hotspur pada Minggu (31/3/2019) malam WIB. 

Liverpool akan bermain di kandang sendiri. Mereka lebih diunggulkan untuk menang. Pasalnya Tottenham dalam tren negatif. Mereka gagal menang dalam empat laga Liga Inggris terakhir dengan total tiga kali kalah.

Selain Liverpool, nanti malam Chelsea juga akan turun bertanding. Pasukan Maurizio Sarri akan mendapat lawan relatif mudah, Cardiff City.

Adapun satu laga di jadwal Liga Inggris pekan 32 mempertemukan Arsenal dengan Newcastle United dan baru akan bertanding pada Selasa dinihari WIB.

Simak jadwal Liga Inggris nanti malam di halaman berikutnya:

 

Jadwal Liga Inggris

Logo Liga Inggris

Minggu, 31 Maret

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea (Bein Sports 1)

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham (Bein Sports 1/ RCTI)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Reaksi Pemain AC Milan Saat Dikalahkan Sampdoria

Posted: 30 Mar 2019 08:43 PM PDT

Reaksi pemain AC Milan, Cutrone saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Cutrone saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Mateo Musacchio saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Mateo Musacchio saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Krzysztof Piatek saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Krzysztof Piatek saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Mateo Musacchio saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

Reaksi pemain AC Milan, Mateo Musacchio saat menghadapi Sampdoria dalam Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Genoa, Italia, Sabtu (30/3). AC Milan kalah 0-1. (REUTERS/Jennifer Lorenzini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Militer Kita Terkuat di ASEAN, Jangan Ada yang Meremehkan TNI

Posted: 30 Mar 2019 08:43 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi menegaskan, jangan sampai ada seorang pun meremehkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) karena TNI merupakan kekuatan besar Indonesia di ASEAN, bahkan di Asia.

"Perlu saya sampaikan, karena di debat semalam saya sudah sampaikan, saya percaya seratus persen dengan TNI kita. Jadi jangan ada sekali lagi yang remehkan TNI kita. Setuju tidak?" kata Jokowi di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (31/3/2019).

Jokowi menyampaikan hal itu dalam kampanye terbuka yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kallah, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir.

"Kita harus menjaga negara sebesar Indonesia ini. Karena itu kita punya kekuatan besar yang kita miliki, yang tadi malam saya sampaikan bahwa TNI-Polri Indonesia adalah kekuatan besar," ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, ia perlu menyampaikan hal itu karena pada debat capres keempat pada Sabtu malam yang mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan sejumlah kritik mengenai pertahanan keamanan Indonesia.

"Karena di debat semalam saya sudah sampaikan, saya percaya seratus persen dengan TNI kita. Karena kekuatan TNI kita nomor satu di ASEAN, jangan sampai ada yang remehkan TNI kita. Setuju tidak? Yang setuju tunjuk Jari. TNI kita kekuatannya nomor 5 di Asia, artinya TNI kita ini kuat sekali," tegas Jokowi.

 

Diarak Naik Becak

Sebelumnya, Jokowi diarak menggunakan becak menuju lokasi kampanye akbar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan. Jokowi diarak puluhan ribu pendukungnya dari rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Minggu pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi didampingi istrinya Iriana dan di becak lainnya ada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga didampingi istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

Hari ini Jokowi akan melaksanakan kampanye akbar di dua titik di Provinsi Sulawesi Selatan. Titik pertama adalah Lapangan Karebosi di Kota Makassar dan titik yang kedua adalah Stadion Kalegowa di Kabupaten Gowa.

Setelah melaksanakan kampanye akbar di Sulawesi Selatan, Jokowi akan melanjutkan kampanyenya ke Kota Manado, Sulawesi Utara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

HNW: Hadapi Serangan Fajar dengan Politik yang Beretika

Posted: 30 Mar 2019 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Money politic atau politik uang dalam bentuk 'serangan fajar' adalah sebuah fenomena riil yang selalu ada dan selalu terjadi di setiap penyelenggaraan pemilu dan tidak menutup kemungkinan berbagai serangan fajar dengan berbagai trik serta modus akan mewarnai dan menodai pesta demokrasi pemilu serantak 2019 nanti.

Pertanyaan besarnya adalah bolehkah masyarakat menerima serangan-serangan fajar tersebut. Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) menegaskan bahwa secara prinsip sangat tidak boleh sebab sangat penting untuk masyarakat Indonesia menjalani politik yang berprinsip dan beretika.

Sebab, bangsa Indonesia adalah pada dasarnya adalah bangsa yang menjunjung tinggi etika, menjunjung tinggi sikap ksatria dan menjunjung tinggi kejujuran. Menerima serangan fajar sama artinya mencederai demokrasi Indonesia yang berlandaskan Pancasila dimana sila pertamanya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa.

Hal tersebut diungkapkan HNW menjawab pertanyaan seorang peserta dalam sesi tanya jawab saat menjadi narasumber utama pada rangkaian acara Sosialisasi Empat Pilar MPR RI kerjasama MPR RI dengan Yayasan Bina Ukhuwah Ummat yang dihadiri sekitar 300 peserta masyarakat sekitar Jakarta Pusat, di aula RM Simpang Raya Roxy, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

"Lagipula, menerima serangan fajar juga sama artinya kita merendahkan harga suara kita sendiri yang sangat diagungkan dalam konstitusi kita. Menerima serangan fajar sama artinya kita menjual suara kita sekaligus menggadaikan masa depan bangsa kita dengan nilai yang sangat murah," katanya.

Jika ada pihak-pihak yang menawarkan serangan fajar, lanjut HNW, rakyat harus menunjukkan kedewasaan serta kematangan dalam berpolitik. "Tegas saja katakan bahwa saya sebagai rakyat Indonesia telah diberikan kedaulatan yang tinggi oleh UUD. Suara saya sangat dihormati UUD, anda merendahkan saya dengan berupaya membeli suara saya dengan cara tidak terhormat begini. Lagipula saya sudah memiliki pilihan saya dan yakin dengan pilihan saya itu," ujar HNW.

Intinya, HNW mengajak segenap rakyat Indonesia untuk menyuarakan dan melakukan sosialisasi bersama untuk berpolitik dan menghadapi pemilu serentak 2019 secara ksatria, berprinsip dan beretika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kompetisi Ligue 1 Sudah Menanti Kedatangan Jose Mourinho

Posted: 30 Mar 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Rumor bakal bergabungnya Jose Mourinho ke salah satu klub Ligue 1 mendapat sambutan positif. Sejumlah pelatih mengaku akan sangat senang jika pria asal Portugal itu melatih di Ligue 1 musim depan.

Mourinho tidak melatih klub mana pun sejak kehilangan jabatannya sebagai manajer Manchester United pada Desember 2018 lalu. Ada sejumlah tawaran untuk Mourinho, namun dia memilih menolak dan menunggu tawaran di awal musim.

Dalam karirnya, Mourinho sudah pernah melatih di beberapa liga top Eropa seperti Serie A, Premier League dan La Liga. Dia juga pernah melatih di Portugal. Hanya Bundesliga dan Ligue 1 yang belum dia coba.

Pelatih Lyon, Bruno Genesio, mengaku sangat senang jika Jose Mourinho akan bergabung ke klub Ligue 1. Bahkan, jika Mourinho akan menggantikan posisi yang kini dijabatnya. Genesio merasa bangga bisa digantikan Mourinho.

Sikap positif juga terucap dari mulut Leonardo Jardim, pelatih AS Monaco. Menurunya, Mourinho akan membuat Ligue 1 makin berwarna dan semarak.

"Jujur saja, menurut saya, jika memang dia datang, itu adalah hal yang baik. Paulo [Sousa, pelatih Bordeaux] ada di sini, Sergio Conceicao ada di sini, ada beberapa [manajer] Portugis di Ligue 1," ucap Jardim dikutip dari Goal International.

 

 

 

Hal Bagus

Jose Mourinho masih menganggur setelah dipecat Manchester United Desember lalu. (AFP/Paul Ellis)

"Itu adalah hal yang bagus kerena Ligue 1 adalah liga yang ketat. Manajer asal Portugal punya pengalaman yang bagus, Mourinho bahkan lebih bagus dari yang lain. Itulah mengapa jika datang saya akan senang," sambungnya.

Leonardo Jardim menyebut jika sosok Jose Mourinho telah menjadi wakil dari Portugal. Dia menjadi representasi dari kisah sukses manajer asal Portugal di pelosok dunia, termasuk di Ligue 1. Pria 56 tahun tersebut dinilai sebagai perintis.

Generasi Baru

"Dia jadi manajer terkenal pertama yang mampu mempertahankan performanya dan sukses di luar Portugal. Bahkan, jika di Prancis ada Arthur Jorge yang pernah meraih juara di Prancis, kita tidak boleh melupakannya," kata Jardim.

"Tapi, di antara para manajer generasi baru, maka dia adalah perintis dalam konteks tersebut," tutur Jardim.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Eks Pemain Barcelona Dukung Sadio Mane ke Real Madrid

Posted: 30 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Winger Liverpool, Sadio Mane, kabarnya masuk dalam daftar incaran Real Madrid. Rumor itu ternyata mendapat perhatian dari Oriol Romeu, mantan rekan setim Mane di Southampton.

Romeu, yang juga eks gelandang Barcelona memuji kualitas Mane. Menurut dia, Mane siap bermain untuk tim sekelas Real Madrid.

"Dia (Mane) siap ke Real Madrid. Madrid sedikit lemah dalam serangan dan dia tipe pemain yang banyak melakukan kerusakan di ruang terbuka lawan," ujar Romeu, seperti dilansir Marca.

"Dia bisa membantu mereka membalikkan situasi mereka saat ini. Dia membawa variasi dalam serangan, tetapi dia bukan pencetak gol produktif seperti Cristiano Ronaldo, yang jauh di atas (pemain depan lain)," jelas pemain berusia 27 tahun ini.

Romeu berpendapat, Real Madrid akan sangat beruntung bila bisa mendapatkan servis pemain internasional Senegal itu. Namun, dia yakin Mane akan semakin berkembang.

Kecepatan Mane

Sadio Mane mencetak sejarah bersama Liverpool. (doc. Premier League)

"Yang paling saya soroti adalah kecepatannya. Dia adalah pemain yang sangat menyengat dan memusingkan. Dia memiliki kualitas fisik dan teknis yang luar biasa," papar Romeu.

"Di Liverpool dia sudah banyak berkembang. Musim ini, dia menikmati musim terbaiknya di depan gawang," tutur eks pemain Chelsea ini.

Lebih Tenang

"Saya pikir dia mendapatkan ketenangan ketika menyelesaikan gerakan, baik saat mencetak gol atau memberikan assist. Itu kuncinya," terangnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nuansa Etnik Warnai Konser KLa Project Memorable Concert KLAboration

Posted: 30 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - KLa Project menggelar konser kolaborasi dengan dua musikus milenial, Rendy Pandugo dan Midnight Quickie. Konser bertajuk Memorable Concert KLAboration ini dimulai sekitar pukul 19.45 WIB di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Bukan KLa Project namanya bila tidak membawa unsur etnik dalam setiap konsernya. Di kesempatan kali ini, setidaknya KLa Project membawa tiga kebudayaan Indonesia, yakni etnik Bali, Sunda dan Jawa.

"Beri tepuk tangan buat kita semua, anda membuat kami bahagia. KLa banyak bikin acara, etnik, elektrik. Dan malam hari ini kita ada bintang tamu," imbuh Lilo, sang gitaris di atas panggung yang kemudian disambut tepuk tangan meriah para penonton.

Vokalis legendaris, Katon Bagaskara kemudian naik ke atas pentas membawakan lagu "Pasir Putih" diiringi dengan alunan musik Bali. Dua penari pendet pun tampil mengiringi alunan suara Katon.

Jaipong

KLa Project (Rivan/Fimela.com)

Setelah diselingi kolaborasi dengan Rendy Pandugo, KLa Project kembali menampilkan unsur etnik. Band yang telah 30 tahun berkarya ini membawakan "Lagu Lagu Baru" yang diiringi dengan tarian jaipong.

Unsur etnik yang terakhir ditampilkan adalah lantunan tembang Jawa dari seorang sinden. Katon Bagaskara dan sang sinden kemudian kolaborasi membawakan lagu terhits KLa Project, "Yogyakarta".

Midnight Quickie 

Midnight Quickie rilis single baru di bawah naungan label asal Perancis.

Memorable Concert KLAboration kemudian ditutup dengan kolaborasi bersama grup musik beraliran EDM, Midnight Quickie dengan lagu "Yogyakarta" versi electronic music dan "Summer Love".

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Operasi Komersial MRT Jakarta Tunggu Pergub Terbit

Posted: 30 Mar 2019 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT MRT Jakarta masih menunggu terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta terkait pengoperasian MRT secara komersial. Rencananya, mulai 1 April 2019 besok, moda transportasi massal tersebut beroperasi secara komersial dan tidak lagi gratis.

Corporate Secretary MRT Jakarta, Muhammada Kamaluddin mengatakan, rencananya Pergub tersebut akan diumumkan pada hari ini.

"Nanti akan diumumkan oleh pemerintah provinsi, akan diumumkam segera, hari ini atau malam ini," ujar dia di Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Pergub tersebut salah satunya menetapkan tarif MRT Jakarta yang akan dipatok sebesar Rp 14 ribu untuk jarak terjauh.

"Itu juga tunggu saja tertulisnya seperti apa. Kami akan ikuti sebagaimana arahan pemerintah provinsi," lanjut dia.

Kamaluddin belum bisa mastikan apakah MRT tetap akan digratiskan jika hingga hari ini Pergub tersebut belum keluar. Namun dia optimis payung hukum ini akan segera terbit.

"Kami optimis (terbit hari ini), karena kami mengikuti semua prosesnya kami optimis pergubnya bisa diterbitkan. Tunggu saja pengumuman dari pemerintah," tandas dia.

Bangun MRT, Intip Komposisi Utang RI kepada Jepang

Petugas berjalan di dalam kereta MRT yang menuju stasiun Lebak bulus Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pembangunan moda raya terpadu (MRT) Jakarta Fase I yakni dengan rute stasiun Bundaran HI-Lebak Bulu menelan biaya sebesar Rp 16 triliun. 

Direktur Utama PT MRT Jakarta, William Sabandar menuturkan, baik MRT Fase I maupun MRT Fase II, keduanya dibangun dari utang oleh Jepang atau Japan International Cooperation Agency Jepang (JICA).

Dia mengatakan, masa utang RI ke Jepang untuk MRT Fase I selama 30 tahun. Itu ditambah dengan masa tenggang (grace period) selama 10 tahun.

"Pinjaman ke Jepang Rp 16 triliun dengan 10 tahun grace period dan 30 tahun masa utangnya. Jadi 2027 kita mulai membayar utang," tutur dia Jumat (29/3/2019).

Untuk pembayarannya pun, porsinya akan ditanggung oleh Pemerintah Provinsi DKI dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"30 tahun akan dibagi II pembayaranya yakni 51 persen oleh Pemprov ditangung APBD dan 49 persen ditanggung APBN. Jadi ini formatnya sama dengan fase II, Rp 22,5 triliun sudah disepakati, 10 tahun grass period dan komposisinya pendanaannya sama 51 persen APBD dan 49 persen itu adalah APBN," kata dia.

Sebelumnya, usai MRT Jakarta Fase I yaitu dari stasiun Bundaran HI-Lebak Bulus, PT MRT Jakarta memastikan, MRT Fase II akan mulai dibangun pada 2019.

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim mengatakan, MRT Fase II yakni rute stasiun Bundaran HI-Kota menelan biaya investasi sebesar Rp 22,5 triliun. Proses tender pun dilakukan pada tahun ini.

"Tahun ini bakal mulai tendering fase II. Akhir tahun 2019 sudah mulai dikerjakan. Mulai relokasi utilitas sepanjang korider fase II. Mulai bongkar-bongkar jalan lagi Thamrin dan Hayam Wuruk," tutur dia di Jakarta, Jumat 29 Maret 2019.

Dia menambahkan, perusahaan telah memperoleh persetujuan dari  Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) untuk membangun track MRT di wilayah atau kawasan seputar Monas.

"Monas sudah dapat persetujuan Kemensesneg untuk bangun di kawasan Monas," kata dia.

Silvia menuturkan, MRT Fase II ditargetkan rampung pada 2024.  "Target rampung akhir 2024, 2025 beroperasi," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiba di Makassar, Jokowi Diarak Naik Becak Menuju Lokasi Kampanye Akbar

Posted: 30 Mar 2019 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi diarak menggunakan becak menuju lokasi kampanye akbar di Lapangan Karebosi, Makassar, Sulawesi Selatan. Jokowi diarak puluhan ribu pendukungnya dari rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Minggu pagi sekitar pukul 09.00 Wita.

Pantauan Liputan6.com, Jokowi didampingi istrinya Iriana dan di becak lainnya ada Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga didampingi istrinya, Mufidah Jusuf Kalla.

"Iya Pak Jokowi naik becak tadi," kata Rosminah, salah seorang simpatisan paslon Jokowi-Ma'ruf yang hadir dalam kampanye akbar itu, Minggu (31/3/2019).

Hari ini Jokowi akan melaksanakan kampanye akbar di dua titik di Provinsi Sulawesi Selatan. Titik pertama adalah Lapangan Karebosi di Kota Makassar dan titik yang kedua adalah Stadion Kalegowa di Kabupaten Gowa.

Setelah melaksanakan kampanye akbar di Sulawesi Selatan, Jokowi akan melanjutkan kampanyenya ke Kota Manado, Sulawesi Utara.

 

Reporter: Ochank Nuno

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ONE: A New Era: Anthony Engelen Akan Menyerang Sejak Awal

Posted: 30 Mar 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Tokyo - Anthony Engelen menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan tampil di ajang ONE Championship: A New Era. Ajang ini akan digelar di Ryogoku Kokugikan, Tokyo, Jepang, Minggu (31/3).

Di ajang ONE Championship ini, petarung berdarah Belanda itu akan menghadapi lawan berat, atlet asal Amerika Serikat, Garry Tonon. Namun begitu, Engelen mengaku percaya diri menjelang duel ini.

"Saya sudah mempersiapkan diri cukup. Sebelum berangkat ke Jepang, saya berlatih di Bali," ujar pria berusia 33 tahun itu.

Engelen mengungkapkan, lawan Tonon, dirinya akan menyerang sejak awal. Dia ingin membuat sang lawan merasa tidak nyaman dan melakukan berbagai kesalahan.

Dari kesalahan-kesalahan lawan itu, Engelen akan coba mencari celah untuk memenangkan pertarungan ONE Championship ini. "Dia kuat dalam submisson, pasti dia akan terus mencari kaki saya. Tapi, saya akan menahannya dengan terus melakukan serangan sejak awal," ujar Engelen.

Satu Bendera

Anthony Engelen sangat ramah menyambut Liputan6.com dan media dari Indonesia lainnya. (Edu Krisnadefa)

Engelen juga berjanji di laga ini, dia hanya akan membawa satu bendera, Merah Putih, milik Indonesia. Padahal, biasanya dia selalu membawa dua bendera: Belanda dan Indonesia.

"Agar orang tidak bingung," ujarnya. "Saya juga ingin membuktikan bahwa sungguh-sungguh dalam membela Indonesia."

 

Daftar Duel ONE: A New Era

ONE: A New Era (ONE Championship)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Wisata Manado yang Hits, Keindahan Bawah Lautnya Memesona

Posted: 30 Mar 2019 08:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beberapa wisata Manado memiliki keindahan alam yang memukau dan memanjakan mata. Tidak hanya alam, banyak juga wisata Manado yang memberikan pemandangan-pemandangan lain seperti gedung-gedung, dan juga wisata pantai yang bisa dijadikan spot untuk berburu foto yang menarik.

Manado memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang berada di kawasan Sulawesi Utara. Daerah ini dikelilingi oleh pegunungan dan juga dikelilingi lautan. Tidak heran jika di Manado kamu akan menemukan banyak sekali tempat wisata alam yang beragam dan tentunya menarik perhatian.

Pulau Bunaken merupakan salah satu wisata Manado yang sudah cukup terkenal. Di sana kamu bisa melakukan aktivitas selam scuba dan juga snorkelling. Wisata bahari di sini memang menjadi andalannya. Air laut yang jernih dan ombak yang tidak terlalu kencang, serta biota dan ekosistem laut hingga terumbu karang yang masih terjaga menjadikan Pulau Bunaken sebagai wisata Manado yang wajib kamu kunjungi.

Namun tidak hanya Pulau Bunaken saja, masih banyak wisata Manado yang memberikan suguhan pemandangan dan juga fasilitas-fasilitas yang menarik lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Manado yang hits dan wajib kamu kunjungi saat berada di sana, Jumat (29/03/2019). 

1. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Wisata Manado yang pertama adalah Taman Laut Bunaken. Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan bahwa Taman Laut Bunaken adalah objek wisata yang cukup diandalkan di Manado. Meskipun sudah terkenal dan juga sudah banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Taman Laut Bunaken tidak akan pernah habis pesona laut dan baharinya. Taman Laut Bunaken juga menjadi salah satu situs warisan dunia yang di tetapkan oleh Unesco pada tahun 2005. Jadi keindahan Taman Laut Bunaken sudah terbukti dan juga sayang jika tidak kamu kunjungi.

2. Pulau Lembeh

Pulau Lembeh di Pagi Hari. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Hampir sama dengan Laut Bunaken, di Pulau Lembeh, kamu juga bisa melakukan penyelaman dan menikmati biota laut yang beragam di sana. Wisata Manado satu ini memiliki kurang lebih 88 spot menyelam yang indah dengan air laut yang jernih, hamparan pasir putih yang luas, dan ikan-ikan serta terumbu karang yang cantik.

Selain pesona pemandangan di bawah laut, bagi kamu yang tidak terlalu suka menyelam, pemandangan pulau-pulau yang ada di sekeliling Pulau Lembeh juga cukup menarik untuk kamu nikmati dan juga sebagai tempat eksis untuk diunggah di media sosial.

3. Taman Laut Tumbak

Pulau Tumbak

Wisata Manado ini masih dengan pemandangan laut yang sangat indah. Taman Laut Tumbak letaknya tidak jauh dari Laut Bunaken dan Pulau Lembeh. Jadi kamu bisa ke lokasi ini setelah dari kedua tempat sebelumnya.

Di Taman Laut Tumbak, kamu bisa melakukan wisata bahari dengan tenang karena suasananya yang masih cukup sepi. Namun jangan khawatir, pemandangan di sini juga tidak kalah menarik dari dua wisata laut sebelumnya.

4. Wisata Bunga Tomohon

Festival Bunga Tomohon bakal digelar Agustus (Liputan6.com / Yoseph Ikanubun)

Cukup bosan dengan wisata laut? Jangan khawatir, karena wisata Manado tidak hanya laut saja. Manado juga memiliki wisata taman bunga yang cantik dan tertata rapi dan pastinya memanjakan mata wisatawan yang datang ke sana. Letak wisata ini berada di Kota Tomohon yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Manado.

Kota Tomohon juga terkenal dengan tanahnya yang subur, sehingga sangat cocok ditanami berbagai macam tanaman terutama bunga. Kamu sebaiknya datang di antara bulan Juni sampai Agustus, karena pada waktu ini, akan ada festival bunga hias dan pertunjukan seni di sepanjang jalanan kota.

5. Arung Jeram Timbukar

Arung Jeram Timbukar (sumber: instagram/rezha_supit)

Wisata Manado yang satu ini khusus untuk kamu yang menyukai olahraga ekstrem berupa arung jeram. Arung Jeram Timbukar berada di sungai Niminga, Desa Timbukar, Minahasa, Manado. Panjang dari sungai ini bisa kamu taklukan sekitar 2 jam, dengan jarak sekitar 9 kilometer.

Di sekeliling sungai juga terdapat pemandangan alam yang tidak kalah menarik. Arung Jeram Timbukar juga merupakan salah satu arung jeram di Manado yang cukup sulit medannya, jadi tempat ini cocok untuk kamu yang menyukai tantangan.

6. Pulau Manado Tua

Pulau Manado Tua. (Liputan6.com/Yoseph Ikanubun)

Pulau Manado Tua letaknya masih satu kawasan dengan Pulau Bunaken, Siladen, Mantehage, dan Nani. Pulau Manado Tua adalah salah satu gugusan pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken. Seperti halnya dengan Bunaken, Pulau Manado Tua menyajikan pariwisata alam bawah laut yang juga menakjubkan dan sayang jika tidak kamu kunjungi.

Selain itu, di Pulau Manado Tua juga terdapat sebuah gunung yang bisa kamu daki. Di sini kamu juga bisa menemukan peninggalan-peninggalan bersejarah dan juga beragam tanaman dan hewan khas dari Manado.

Itulah beberapa wisata Manado yang hits dan juga terkenal dan wajib kamu kunjungi. Masih banyak lagi tempat wisata lainnya di Manado yang memberikan pengalaman dan juga pemandangan yang eksotis dan pastinya tidak akan mengecewakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Tampil Pertama Kali di Frankfurt Musikmesse 2019

Posted: 30 Mar 2019 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Industri kreatif dalam bidang musik Indonesia telah mulai mendapatkan tempat di hati pecinta musik dunia. Hal ini terlihat dari pertama kalinya, pelaku ekonomi kreatif Indonesia di subsektor musik, khususnya industri alat musik, akan tampil di event kenamaan Frankfurt Musikmesse 2019. Pameran industri alat musik terbesar di Eropa ini akan berlangsung pada 2-5 April 2019 di Frankfurt, Jerman.

Pada keikutsertaannya yang pertama ini, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) melalui Deputi Pemasaran akan mendukung 11 jenama lokal terpilih untuk menemukan partner bisnis serta investor global di event ini.

"Indonesia telah dikenal sebagai salah satu negara eksportir komoditi alat musik terbesar ke Eropa, khususnya Jerman. Oleh karena itu, terdapat potensi yang sedemikian besar bagi para pengrajin alat musik lokal untuk mengembangkan pasarnya di Eropa," kata Deputi Pemasaran Joshua Puji Mulia Simandjuntak kepada Liputan6.com, Minggu (31/3).

Bekraf sendiri akan mengusung tema IDentities Indonesia, yang telah dikenal sebagai salah satu brand bagi karya-karya terbaik anak bangsa dalam industri kriya dan kerajinan tangan. Selain promosi produk-produk mereka di acara ini, keterlibatan para pelaku kreatif sendiri diharapkan juga dapat memperkenalkan ekosistem industri alat musik nasional.

Adapun 11 jenama yang terpilih mewakili Indonesia dalam event Frankfurt Musikmesse 2019 yakni Kuassa Teknika yang bergerak dalam bidang software & pro audio, Genta Guitar yang memproduksi gitar serta ukulele, Premiere Wood Manufacturing dengan lini usahanya dalam bidang active speaker & professional speaker, Kyre Drums dengan produk perkusi serta drum.

Ada juga Indonesian Bamboo Community yang berfokus pada alat musik berbahan dasar bambu, Sawoe yang memproduksi alat musik berbahan dasar kayu, Sui Generis Straps dengan produk eksklusifnya yang berbentuk tali pengikat gitar, X9 Pro Audio dengan produk pengeras suara tertutup-nya, Blueberry Guitar yang memiliki produk custom guitar dengan desain yang memikat, Seruni Audio dengan produk hand-built microphone serta Sasando Shop yang akan menampilkan produk alat musik tradisional khas Flores, Sasando.

Ke-11 pelaku kreatif Indonesia ini sebelumnya telah lulus mengikuti 2 (dua) tahapan proses kurasi yang dilaksanakan pada bulan Januari 2019 lalu. Diawali kurasi tahap 1 yang meliputi seleksi administrasi peserta, dan dilanjutkan kurasi tahap 2 yang meliputi proses wawancara dan presentasi karya/produk para peserta, dengan dipandu musisi Purwa Caraka, Damang Sarumpaet dari Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII) serta pengamat musik Adib Hidayat.

 

Indonesia tampil pertama kalinya di Frankfurt Musikmesse 2019

Industri kreatif sektor musik di Indonesia. (Foto: Dok. Bekraf)

Selain mendukung 11 pelaku kreatif di bidang industri alat musik, Bekraf juga akan menyuguhkan irama khas musik nusantara melalui penampilan seorang musisi terkemuka Indonesia, Purwa Caraka. Diiringi oleh grup musiknya, Purwa Caraka akan tampil di hari ke-3 penyelenggaraan Frankfurt Musikmesse 2019 pada 4 April 2019.

"Melalui pertunjukan ini, diharapkan agar promosi serta publikasi industri alat musik Indonesia dapat berjalan beriringan dengan pengenalan musik etnik khas Indonesia ke dunia internasional," tambah Joshua.

Frankfurt Musikmesse sendiri merupakan pameran terbesar di bidang industri musik sebagai tempat berkumpulnya para perusahaan, retailer, dan profesional dari sektor industri alat musik serta para musisi dari seluruh dunia. Event ini telah berjalan selama 39 tahun sejak tahun 1980.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pogba Bermimpi ke Real Madrid, Begini Jawaban Zidane

Posted: 30 Mar 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pernyataan Paul Pogba terkait Real Madrid mendapatkan balasan dari sang pelatih, Zinedine Zidane. Menurut Zidane, dia akan sangat senang jika memang gelandang asal Prancis itu bisa menyusulnya.

Beberapa waktu yang lalu, Paul Pogba membuat pernyataan yang membuat fans Real Madrid kegirangan. Gelandang klub Manchester United itu mengakui jika bermain untuk Madrid adalah salah satu mimpinya.

Pernyataan Pogba itu lantas membuat rumor transfer memanas. Sejumlah media di Spanyol menyebut jika Madrid siap mengucurkan dana senilai 125 juta pounds untuk mendapatkan servis pemain berusia 26 tahun tersebut.

Zinedine Zidane sepertinya memberi kode lanjutan kepada impian Paul Pogba untuk bergabung dengan Real Madrid di masa depan. Pelatih berusia 46 tahun mengatakan jika Pogba adalah pemain yang sangat dia sukai dan dia sudah dikenal dengan baik.

"Saya sangat menyukai Paul Pogba dan Anda sudah mengetahui hal itu," ucap Zidane dikutip dari Goal International.

"Saya mengenalnya dengan sangat baik, dia pemain yang berbeda dan dia bisa memberikan banyak hal karena kemampuan yang dia miliki. Dia tahu bagaimana cara menyerang dan bertahan," sambung Zidane.

 

 

Level Terbaik

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menyukai permainan Paul Pogba. (Pierre-Philippe Marcou/AFP)

Pogba menjadi salah satu pemain penting United pada musim 2018/19. Sempat tak memberi banyak kontribusi pada era Jose Mourinho, Pogba kembali tampil pada level terbaiknya sejak United dilatih oleh Ole Gunnar Solksjaer.

Agen Paul Pogba, Mino Raiola, disebut sedang menyiapkan rencana untuk bisa membawa sang klien ke Real Madrid musim depan. Raiola merupakan sosok yang ahli dalam melakukan negosiasi dan dia punya reputasi cukup licin dalam transfer pemain.

Hormati Kontrak

Terkait kemungkinan akan mendatangkan Pogba ke Madrid musim depan, Zidane memberi jawaban yang diplomatis. Pria asal Prancis itu menghormati status dan kontrak Pogba di United.

"Paul Pogba bukan pemain saya [Real Madrid]. Dia bermain untuk Manchester United dan kami harus menghormati hal itu. Dia memang selalu berkata jika dia menyukai Real Madrid," tutur Zidane.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar Ducati, Motor Balap Marquez dan Lorenzo Bakal Pakai Winglet

Posted: 30 Mar 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Motor balap dari pabrikan Ducati menggunakan winglet untuk meningkatkan performa di MotoGP. Bahkan, cara tersebut menarik salah satu pabrikan besar lainnya, Repsol Honda untuk juga menggunakan winglet seperti pabrikan asal Italia tersebut.

Melansir situs resmi MotoGP, Sabtu (30/3/2019), meskipun sempat ditolak, akhirnya jelang MotoGP Argentina, Minggu (31/3/2019) atau Senin dini hari WIB, Direktur Teknis MotoGP, Danny Aldridge menerima pengajuan winglet Honda yang mirip Ducati.

Winglet yang berada di roda belakang ini sempat menggemparkan pada seri pertama MotoGP Qatar, awal bulan ini. Honda memplopori protes kepada Ducati yang menggunakan winglet tersebut.

Pada Jumat (29/3/2019), Honda akhirnya mengikuti langkah yang dilakukan Ducati. Aldridge menyetujui winglet yang bisa digunakan di RC213V.

Sebelumnya, pada Kamis (28/3/2019), Aldridge sempat menolak aerodinamika swingarm (lengan ayun) Honda untuk digunakan pada MotoGP Argentina. Aldridge menolak lengan ayun Honda karena disengaja untuk menyoroti masalah regulasi dan keputusan FIM.

selanjutnya

Setelah dinyatakan legal, Honda malah tertarik menjajal perangkat serupa di Argentina. Namun, bos Honda Alberto Puiq maupun Marc Marquez mengaku tak tahu apakah bakal menggunakan perangkat tersebut di MotoGP Argentina.

"Saya tahu Honda dan tentu saja mereka berusaha menganalisis dan memahami fungsi secara khusus, dan di posisi mana yang bisa dikembangkan. Saya yakin semua pabrikan akan mencoba (winglet seperti Ducati)," ujar Marquez.

"Tapi, saya rasa perangkat tersebut tak mempertajam waktu, ini bocorannya," imbuh pembalap asal Spanyol tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survei PoliticaWave: Jokowi Unggul Sentimen Positif Netizen di Debat Capres

Posted: 30 Mar 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei PoliticaWave mengamati aktivitas sosial media terkait Debat Capres 2019 yang dilaksanakan pada Sabtu 30 Maret 2019 malam. Hasilnya, dalam setiap segmen, capres Joko Widodo atau Jokowi unggul isu positif dibanding Prabowo Subianto.

Head of Analytics PoliticaWave, Nadia Shabilla menyampaikan, debat dengan tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional, itu diramaikan berbagai macam tagar dan respon di dunia maya.

"Percakapan terkait Jokowi di media sosial didominasi oleh sentimen positif sebesar 74 persen dan sentimen negatif sebesar 26 persen. Sementara Prabowo meraih jumlah percakapan sentimen positif sebesar 52 persen dan sentimen negatif sebesar 48 persen," tutur Nadia dalam keterangannya, Jakarta, Minggu (31/3/2019).

Pada segmen pertama Debat Capres 2019, Jokowi mendapat sentimen positif sebesar 82,20 persen. Sementara Prabowo mendapat sentimen positif sebesar 65,30 persen.

"Sentimen negatif Jokowi tidak menyebut cawapres Ma'ruf Amin dan gaya penyampaian lamban. Prabowo gaya penyampaiannya terlalu emosi dan ada sindiran terkait pendukungnya yang mau mengganti ideologi Pancasila," jelas dia.

Segmen kedua, Jokowi dinilai positif lantaran memilih pendekatan yang mengikuti zaman dan menekankan manfaat dari program Dilan. Sementara Prabowo menyatakan dirinya tidak mungkin mengubah Pancasila dan mengutamakan kekayaan negara dibanding kemajuan teknologi.

"Sentimen positif Jokowi 76,78 persen dan negatif 23,22 persen. Prabowo sentimen positif 58,83 persen dan negatif 41,17 persen," kata Nadia.

Segmen ketiga, sentimen positif Jokowi sebesar 80,65 persen dan negatif 19,35 persen. Sementara sentimen positif Prabowo 57,64 persen dan negatif 42,36 persen.

"Pernyataan anggaran pertahanan Jokowi dinilai netizen kurang valid sementara Prabiwo dianggap terlalu banyak menyinggung kebocoran anggaran dan disebut tidak percaya TNI," bebernya.

Segmen keempat Debat Capres 2019, Jokowi dinilai positif saat menekankan skala prioritas dalam pertahanan dan kecepatan pelayanan dengan sentimen positif 77,11 persen. Sementara Prabowo lebih banyak menerima sentimen negatif di segmen ini dengan 57,27 persen.

"Prabowo dinilai terlalu fokus membahas topik perang," ujar Nadia.

 

Sama-Sama Terima Sentimen Negatif

Di segmen kelima, Jokowi dan Prabowo sama-sama menerima banyak sentimen negatif netizen. Jokowi disebut diplomasinya hanya berorientasi ke bisnis, sementara Prabowo disebut terlalu khawatir dengan invasi asing dan pembahasannya terkait saham Freeport tidak berbasis fakta.

"Sentimen negatif Jokowi 52,60 persen dan Prabowo 61,26 persen," terangnya.

Masuk segmen keenam, Jokowi besar di segmen positif dengan 52,84 persen dan Prabowo timpang di segmen negatif dengan 61,26 persen.

"Prabowo dinilai terlalu offensive dan emosional namun penampilannya all out. Sementara Jokowi memberikan pernyataan penutup yang menyejukkan namun terkesan seperti pernyataan perpisahan," Nadia menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tolak Kecurangan, Massa Gelar Aksi 313 di Depan KPU

Posted: 30 Mar 2019 08:07 PM PDT

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seorang wanita mengambil gambar Massa Forum Umat Islam yang mengikuti 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Seorang wanita mengambil gambar Massa Forum Umat Islam yang mengikuti 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam berorasi saat mengikuti kegiatan 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Dalam aksinya, massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam membawa spanduk berisi tuntutan saat menggelar 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam membawa spanduk berisi tuntutan saat menggelar 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Massa menolak segala bentuk kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam memakai daster dan membawa perabotan masak saat mengikuti 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Massa menolak segala kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Massa Forum Umat Islam memakai daster dan membawa perabotan masak saat mengikuti 'Apel Siaga Umat untuk Pemilu Bersih, Jujur, dan Adil' di depan Kantor KPU, Jakarta, Minggu (31/3). Massa menolak segala kecurangan dalam Pemilu yang akan berlangsung 17 April mendatang. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liga Italia: Juventus vs Empoli, Moise Kean Tampil Impresif Tanpa CR7

Posted: 30 Mar 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga Italia kembali digelar, Minggu (31/3) dini hari di Allianz Stadium. Meskipun tidak diperkuat sang bintang Cristiano Ronaldo, Juventus bisa mengalahkan Empoli pada pekan ke-29 Serie A Italia.

Juventus unggul kemenangan dengan skor 1-0. Gol tunggal penentu raihan tiga poin untuk Juventus dicetak oleh Moise Kean pada menit ke-72. Kean melanjutkan aksi impresifnya dalam tiga pekan terakhir, termasuk bersama Timnas Italia.

Hasil ini membuat Juventus makin kokoh di puncak klasemen dengan raihan 78 poin. Sementara, Empoli kini terancam berada di zona degradasi. Empoli ada di posisi ke-17. Dengan 29 poin, Empoli hanya unggul satu poin atas Bologna yang ada di posisi ke-18.

Berikut ulasan hasil pertandingan Liga Italia, Juventus vs Empoli, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (31/3/2019).

Juventus Mendominasi Laga Sejak Awal

Liga Italia kali ini, Juventus langsung mendominasi laga sejak peluit tanda babak pertama ditiup wasit. Blaise Matuidi dan Emre Can bermain dengan agresif. Keduanya coba memberikan suplay untuk Mario Mandzukic yang dipasang sebagai penyerang tengah.

Namun, hingga 20 menit babak pertama berjalan, nyaris tidak ada peluang emas yang bisa didapatkan oleh Juventus. Justru Empoli yang beberapa kali mencuri kans lewat serangan balik cepatnya.

Menit ke-30, Juve mendapat peluang emas dari lewat Mandzukic. Hanya saja, peluang yang didapatkan bomber 33 tahun masih bisa digagalkan oleh Dragowski. Tiga menit berselang, Mandzukic juga gagal menuntaskan sebuah peluang untuk jadi gol.

Laga babak pertama pun berakhir dengan skor imbang 0-0. Meskipun Juventus dominan, justru gagal mendapatkan cukup banyak peluang. Pola permainan Juventus dibaca dengan baik oleh Empoli.

Moise Kean Sang Pencetak Gol

Pemain Juventus Moise Kean melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Bologna dalam Coppa Italia di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Italia, Sabtu (12/1). Juventus menang 2-0 atas Bologna. (AP Photo/Luca Bruno)

Babak kedua Liga Italia berjalan lebih bagus untuk Juventus. Ada variasi serangan. Dua menit usai laga kembali dimulai, ada upaya sepakan jarak jauh dari Federico Bernardeschi. Tapi masih diblok oleh penjaga gawang.

Pada menit ke-69, Massimiliani Allegri menarik keluar Matuidi dan memasukkan Moise Kean. Sebuah keputusan vital dari Allegri yang menentukan jalannya laga. Kean langsung mengubah permainan Si Nyonya Tua.

Tiga menit setelah masuk ke lapangan, Kean langsung mencetak gol dari umpan Mandzukic. Bagi pemain berusia 18 tahun, ini adalah gol keduanya di Serie A pada musim 2018/19.

Unggul satu gol tidak membuat Juventus puas begitu saja. Namun, tidak gol tambahan yang mampu dicetak oleh sang juara bertahan. Juventus bahkan sempat mendapat tekanan yang cukup intens dari Empoli pada lima menit terakhir laga.

Francesco Caputo dan Diego Farias acap kali merepotkan pertahanan Juventus. Namun, tidak ada gol yang dicetak Empoli hingga laga usai. Empoli takluk dengan skor 1-0 atas Juventus.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Maluku Siapkan Nomor Khusus untuk Laporan Kecurangan Penerimaan Taruna

Posted: 30 Mar 2019 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Ambon - Kapolda Maluku Irjen Royke Lumowa menyiapkan nomor telepon genggam khusus bagi masyarakat dan para calon siswa peserta seleksi penerimaan terpadu taruna Akpol, Bintara dan tamtama tahun 2019. Masyarakat bisa menghubungi nomor tersebut bila ingin melaporkan adanya kecurangan.

"Silakan komplain kalau kedapatan ada panitia yang bermain-main atau teman yang sama-sama ikut seleksi bermain curang, atau ada ketidakadilan maka silakan lapor ke nomor 0852 5409 1217," kata Royke di Ambon, Sabtu 30 Maret 2019 seperti dilansir Antara.

Polri selaku pihak yang netral dalam menerima seleksi penerimaan taruna harus berperilaku adil dan jujur, dan tentunya lepas dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme.

Menurut dia, semua pihak sudah sama-sama menandatangani pakta integritas dan sumpah.

"Calo yang suka jadi makelar penerimaan dan mudah-mudahan mereka tidak ada lagi ada sehingga di Maluku ini bisa bebas dan silahkan mengikuti seleksi ini dan saudara-saudara akan dikawal agar pelaksanaan seleksi ini berjalan dengan jujur, adil, dan tidak KKN," tutur Royke.

Dia juga mengatakan untuk seleksi tahun ini terdapat banyak peserta calon siswa yang sudah berulang kali mengikuti seleksi taruna antara dua sampai empat kali.

"Bila calon yang sudah empat kali ikut seleksi harusnya bisa lulus karena mengetahui kekurangannya di mana, hanya saja tidak ada ketentuan yang mengatur barang siapa yang sudah melakukan tes lebih dari satu kali dianggap lulus," ujar Royke.

 

Tak Ada Bocoran

Royke menegaskan tidak bakalan ada bocoran soal buat peserta seleksi karena semua terpusat dan sangat rahasia serta disaksikan pihak ketiga, kecuali tes kesemaptaan yang aturannya 12 menit lari berapa kali mengitari lapangan 400 meter.

Biasanya dari penerimaan semua daerah, begitu tes kesehatan hilang separuh dan terus menyusut jadi siswa dan orang tua berdoa jangan masuk kelompok tidak kesehatan, kemudian psikotes hilang separuh lagi dan terjadi di semua daerah.

Minimal satu tahun mempersiapkan diri baru ikut seleksi dan kecenderungan bermain curang tidak akan dipakai seperti meminta memo pejabat dan sebagainya, jadi mau anak petani atau yatim dan piatu pun punya kesempatan yang sama.

"Untuk tahun ini kita coba pakai sistem kuota daerah biar ada keadilan, misalnya Kabupaten Maluku Barat Daya, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, atau Seram Bagian Timur dan seluruh kabupaten/kota lainnya, dan yang ikut seleksi di Maluku harus betul-betul sekolah di sini.

Karena sangat tidak adil sekolah di daerah lain lalu ikut tes di sini pasti lulus karena sistem pendidikan di Indonesia belum merata sehingga harus memberikan kesempatan kepada anak daerah yang sekolah dan berdomisili di Maluku

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga dan Babinsa Membangun Jembatan Usai Banjir Bandang Terjang Sentani

Posted: 30 Mar 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Sertu Mozes, anggota Babinsa Koramil 1701-01/Sentani bersama warga sekitar kawasan BTN Sosial, Kelurahan Hinekombe, Kabupaten Jayapura, membuat jembatan darurat secara gotong royong.

Jembatan yang menghubungi BTN Sosial putus saat banjir bandang melanda berbagai kawasan di Kabupaten Jayapura, Sabtu (16/3).

Kerja bakti yang dilaksanakan sejak Kamis (28/3) itu kini sudah dapat dilewati warga yang hendak menuju ke BTN Sosial.

Hadi, salah satu warga menyampaikan rasa terima kasihnya dengan selesainya dibangun jembatan walaupun darurat kini hingga sudah dapat dilewati.

"Kami sangat berterima kasih kepada Babinsa dan seluruh warga yang bergotong royong membangun jembatan darurat sehingga akses ke BTN Sosial yang sebelumnya terputus kini dapat dilalui termasuk dengan kendaraan roda empat," kata Hadi dilansir Antara.

Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Jayapura selain menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal juga mengakibatkan berbagai fasilitas umum rusak termasuk jembatan menuju BTN Sosial.

Tercatat 105 orang meninggal dan 74 orang dinyatakan hilang, termasuk 20 korban yang jenazahnya tidak bisa teridentifikasi dari peristiwa banjir bandang itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Tak Hanya untuk Makanan, Simak 6 Khasiat dan Kegunaan Rempah

Posted: 30 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dunia mungkin lebih mengenal rute perdagangan Jalur Sutra dibandingkan Jalur Rempah. Padahal, Jalur Rempah punya pengaruh besar pada kehidupan Indonesia dan dunia di masa kini.

Indonesia sudah tercatat di banyak manuskrip kuno sebagai bagian penting dalam pembentukan peradaban dunia. Dilansir dari laman Museum Nasional, Kamis, 28 Maret 2019, rempah-rempah Indonesia merupakan salah satu komoditas penting dalam jalur perdagangan, bahkan sejak zaman kejayaan kerajaan-kerajaan besar di dunia.

Biasanya, rempah digunakan sebagai bumbu masakan, meski terkadang juga dibuat jadi makanan manis atau minuman penyegar badan. Namun, tahukah Anda, bahwa di balik fungsi memperkaya rasa makanan dan minuman, rempah juga baik untuk kesehatan?

Dilansir dari beragam sumber, berikut enam kegunaan dan khasiat rempah selain digunakan untuk menambah cita rasa makanan.

Menambah Nafsu Makan

Untuk bantu meningkatkan nafsu makan, Anda bisa mengonsumsi kayu manis. Rempah yang satu ini bermanfaat bagi metabolisme tubuh, terutama bagi yang bermasalah dengan nafsu makan. Selain itu, kayu manis juga bermanfaat mencegah tubuh terserang radikal bebas.

Kayu manis biasanya diolah dalam bentuk bubuk dan dimasukan sebagai bumbu masakan, dicampurkan ke dalam adonan, maupun ditambahkan ke dalam kopi.

Melawan Bakteri

Rempah yang bisa melawan bakteri di dalam tubuh adalah pala. Kalau ingin memiliki rangkaian gigi yang sehat dan kuat, serta aroma napas segar, sebaiknya rutin mengkonsumsi rampah satu ini. Kalau biji pala biasa diolah jadi bumbu dapur, buah pala lebih sering dijadikan manisan, sirop, atau dibuat jadi es.

Mengatasi Mual dan Nyeri

Salah satu jenis rempah yang sangat dikenal dan sering digunakan adalah jahe. Rempah satu ini bisa memberi rasa hangat kalau diolah jadi minuman, sebut saja sekoteng dan susu jahe. Rempah satu ini bantu mengatasi mual dan mengatasi rasa nyeri. Selain itu, sensasi hangat dalam minuman jahe juga bisa membantu meredakan gejala flu dan masuk angin.

Ragam Manfaat Rempah untuk Kesehatan

Ilustrasi rempah-rempah. Sumber foto: pexels.com/Marta Branco.

Melancarkan Pernapasan dan Pencernaan

Rempah lainnya yang punya banyak manfaat adalah kunyit. Selain bisa mengurangi rasa sakit karena kram perut saat datang bulan, kunyit atau sering disebut si kuning, juga dapat meningkatkan stamina tubuh, serta melancarkan pernapasan dan pencernaan. Kunyit bisa diolah dalam bentuk campuran makanan maupun jamu.

Antioksidan Alami

Ketumbar termasuk rempah yang punya banyak khasiat. Biji ketumbar mengandung banyak senyawa dan nutrisi seperti asam folat, riboflavin, niasin, vitamin A karoten, dan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami.

Daun ketumbar berguna mendukung kesehatan rongga mulut. Selain itu, daun ketumbar juga jadi sumber mineral seperti kalium, kalsium, besi mangan, dan magnesium. Rempah ini juga berguna untuk meredakan pusing, muntah-muntah, wasir, dan radang lambung.

Menyuburkan Rambut

Untuk menyuburkan rambut, Anda bisa menggunakan kemiri. Selain jadi bumbu masak, rempah satu ini dapat dijadikan obat, terutama jika berbentuk minyak kemiri. Minyak kemiri bisa mempercepat tumbuh rambut, cocok bagi Anda yang mengalami kebotakan.

Namun, ada juga yang memanfaatkannya untuk mengobati penyakit seperti diare, sariawan, sakit perut, disentri, demam, dan sakit gigi. Kemiri punya banyak khasiat karena mempunyai kandungan gizi seperti lemak, karbohidrat, dan protein yang terdapat di dalamnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luna Maya Ingin Menjomlo Setahun

Posted: 30 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kisah cinta Luna Maya dengan Reino Barack yang telah lima tahun dibina, kandas sejak 2018 lalu. Kini, Reino Barack bahkan telah menemukan pendamping hidupnya, Syahrini.

Pengalaman pahit tentang percintaan ini agaknya meninggalkan berkas di hati Luna Maya. Untuk itu, ia memutuskan untuk rehat sejenak dari persoalan asmara.

"Kan aku bilang tadi live aku mau jomlo setahun," kata Luna Maya dalam vlog di saluran YouTube Raffi Ahmad yang diunggah pada Sabtu (30/3/2019).

Sahabat Luna Maya, Ayu Dewi yang juga ada dalam kesempatan itu lalu bertanya pada aktris 37 tahun tersebut. Bagaimana bila di tengah masa rehat itu ada yang mendekati ya untuk menjadi kekasih?

"Deketin ya deketin aja," imbuh Luna Maya dengan santainya.

 

Tak Ada Jawaban

Preskon Indonesian Movie Actors Awards 2019 (Adrian Putra/Fimela.com)

Rasa penasaran tampaknya masih menghantui Ayu Dewi. Ia kemudian bertanya kembali, bagaimana bila dalam waktu dekat ada yang menyatakan cinta kepadanya.

Terkait pertanyaan ini, Luna Maya hanya tersenyum dan tidak memberi jawaban apa pun.

Santai

Luna Maya di LIDA 2019.

Sementara itu, teman Luna Maya, Melaney Ricardo, juga sempat mengatakan bahwa saat ini Luna sedang senang menikmati masa kesendiriannya.

"Dia biasa saja, ya artinya kalau memang ada yang cocok, kalau orang lagi jomlo mah asyik-asyik saja. Enggak lagi terikat sama satu hubungan kan bebas-bebas saja," ujar Melaney belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Jurus Sederhana agar Terlihat Lebih Percaya Diri

Posted: 30 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang bisa tampil percaya diri ketika bertemu orang yang pertama kali ditemui. Namun, ada bahasa tubuh tertentu yang bila ditampilkan membuat orang tersebut lebih percaya diri.

Ini tips bahasa tubuh yang dapat diterapkan untuk memancarkan kepercayaan diri dan pesona Anda seperti dilansir dari Your Tango, Minggu (31/3/2019):

1. Senyum

Senyum dapat menjadi alat yang ampuh untuk mendekati orang lain. Senyum juga jadi 'sinyal' bahwa Anda orang yang ramah.

2. Buat postur tubuh yang tegak

Tubuh yang tegak cenderung mengundang perhatian orang. Namun, perlu ditekankan untuk jangan berlebihan. Jika berlebihan, Anda akan terlihat seperti robot. Tetap tenang dan santai.

 

3. Hindari berbicara terlalu cepat

Percaya diri (foto: shutterstock)

Berbicara terlalu cepat tidak hanya membingungkan orang lain, tetapi juga menunjukkan bahwa Anda tidak terlalu peduli terhadap apa yang dikatakan.

Cobalah untuk berbicara dengan stabil. Jangan lupa juga untuk mengatur pernafasan. Ini akan membuat Anda terlihat bijaksana dan cerdas.

4. Gerakan tangan

Komunikasi dengan menggunakan tangan cenderung lebih menarik dibanding dengan yang memasukkan tangan ke dalam kantong. Terapkan gerakan tangan saat berkomunikasi dengan orang lain. Cobalah untuk tidak merasa gelisah atau goyah. Lakukan dengan santai.

Hal ini dilakukan untuk menunjukkan kepada rekan atau teman bahwa Anda merupakan orang yang penuh percaya diri.

Evaluasi diri Anda dengan bantuan teman atau melihat ekspresi di depan cermin. Menjadi percaya diri, diperlukan kejujuran dan pengetahuan untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri.

 

 

Penulis: Dara Elizabeth

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Juventus Semakin Dekat dengan Scudetto

Posted: 30 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus semakin nyaman di puncak klasemen Liga Italia 2018/19. Bianconeri telah mengoleksi 78 poin dari 29 pertandingan, 25 kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah.

Juventus kini memimpin 18 poin dari Napoli yang berada di posisi kedua klasemen Liga Italia. Pasukan Carlo Ancelotti itu baru akan bertanding Minggu (31/3/2019) malam WIB melawan tuan rumah AS Roma.

Dengan selisih 18 poin, Juventus hanya butuh lima kemenangan lagi untuk memenangkan Scudetto kedelapan berturut-turut. Dengan tambaha 15 poin, total poin Juventus menjadi 93.

Jumlah poin tersebut sudah cukup bagi Juventus untuk menyegel posisi puncak klasemen Liga Italia meski masih menyisakan empat laga sisa. Sebab jika Napoli mampu menyapu bersih 10 laga sisa dengan kemenangan, total poinnya hanya 90.

 

Empat Besar

AC Milan masih berada di peringkat empat klasemen Liga Italia meski kalah 0-1 dari Sampdoria. (AFP/Marco Bertorello)

Meski menelan kekalahan 0-1 dari Sampdoria, AC Milan masih bertahan di peringkat keempat. Skuat racikan Gennaro Gattuso itu memiliki 51 poin.

Namun, posisi AC Milan belum nyaman. Sebab, AS Roma dan Lazio bisa menyalip posisi Rossoneri. Roma yang berada di posisi kelima hanya tertinggal 47 poin.

Jika dapat mengalahkan Napoli, Roma hanya terpaut satu poin dari AC Milan. Sementara Lazio, yang baru memainkan 27 laga, bisa menyalip posisi AC Milan. Berada di peringkat enam, Lazio kini mengoleksi 45 poin, tertinggal 6 angka dari AC Milan.

 

Klasemen Liga Italia

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibayar Rp 264 Juta untuk Tiduran Selama 2 Bulan, Kamu Mau?

Posted: 30 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan luar angkasa Jerman menawarkan 16.500 Euro atau sekitar Rp 264 juta bagi siapa saja yang bersedia tidur berbaring selama 2 bulan. Tujuan mereka yakni untuk menguji efek negatif dari bobot manusia.

Studi jangka panjang tersebut nantinya akan melibat 12 pria dan 12 wanita di tempat tidur di German Aerospace Center (DLR) di Cologne. Studi tersebut akan mengkaji dampak gaya berat mikro pada astronot selama perjalanan ruang angkasa ke bulan dan Mars.

"Amat penting untuk membuat para astronot merasa nyaman selama dalam tugas mereka," ujar Hansjorg Dittus, Anggota Dewan Eksekutif DLR untuk Penelitian dan Teknologi Antariksa seperti dilansir dari DW.

Disebutkan bahwa jangka waktu yang lama dalam lingkungan tanpa bobot dapat menyebabkan atrofi tulang dan otot, penurunan fungsi kardiovaskular, dan memaksa cairan tubuh untuk bergerak ke bagian atas tubuh. Ini dapat menyebabkan pusing, lemas, wajah bengkak, mual, gangguan telinga bagian dalam, sistem kekebalan tubuh yang terganggu, dan sakit punggung.

 

Sukarelawan wanita amat dibutuhkan

Doc: K. W. Schmidt

Sebagai bagian dari studi simulasi, peserta akan dikurung di tempat tidur selama eksperimen; termasuk makan, mandi, bahkan buang air. Terdapat tempat tidur dengan kepala yang miring 6 derajat ke bawah untuk mensimulasikan perpindahan cairan tubuh yang dialami oleh astronot dalam gaya berat mikro.

Penelitian yang didanai oleh NAS dan BAdan Antariksa Eropa itu nantinya akan dilakukan dalam dua putaran. Sebanyak 12 sukarelawan pertama tiba pada 25 Maret dan angkatan kedua diharapkan dapat berpartisipasi pada bulan September tahun ini.

Para ilmuwan masih mencari sukarelawan, terutama wanita, untuk tahap kedua. Keterampilan bahasa Jerman yang baik diperlukan untuk berpartisipasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: