Sabtu, 16 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KPU: Setop Pelibatan Anak dalam Kampanye Pemilu

Posted: 16 Mar 2019 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengimbau para peserta pemilu tidak mengeksploitasi dan memanfaatkan anak-anak untuk kepentingan politiknya.

"Pelibatan anak dalam kampanye tidak boleh, kita setop. Kita ingatkan selalu mereka bahwa Bawaslu juga sering memberikan teguran kalau sampai pelibatan anak terjadi," ucap Jakarta Pusat, Minggu (17/3/2019).

Arief juga menyebutkan beberapa contoh pelibatan anak dalam kegiatan politik, di antaranya ikut serta dalam menyerukan pilihan peserta pemilu.

"Ikut-ikutan memenangkan peserta pemilu, dihadirkan dalam kegiatan kampanye. Tetapi sosialisasi, pendidikan politik, pendidikan pemilih itu penting untuk mereka yang dilarang adalah melibatkan mereka dalam kampanye bukan kegiatan sosialiasai dan pendidikan politiknya, kampanyenya yang dilarang itu," jelas Arief.

Sementara itu, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengatakan, ada penurunan jumlah laporan masyarakat mengenai keterlibatan anak pada Pemilu 2019.

"Misalnya masalah anak-anak diduga dilibatkan untuk memilih calon tertentu," kata Susanto di gedung Bawaslu.

Dia mengatakan, contoh lainnya laporan yang diterima adalah pelibatan anak dalam proses penyebaran material kampanye pemilu. Kendati begitu, Susanto tidak menyebutkan secara detail jumlah penurunan itu.

Deklarasi Pemilu Ramah Anak

Sejumlah lembaga dan kementerian melakukan deklarasi dan komitmen dalam mewujudkan Pemilu 2019 ramah anak di lapangan Bawaslu, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam deklarasi tersebut pihak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), KPAI, Bawaslu, KPU, Kemenkominfo, dan Siberkreasi, melakukan sosialisasi, pengawasan, dan pencegahan agar anak tidak disalahgunakan dalam kegiatan kampanye.

"Mengimbau kepada calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kota/kabupaten, serta calon DPD agar memiliki komitmen tinggi terhadap perlindungan anak serta tidak menyalahgunakan anak dalam kegiatan politik," kata salah satu perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Minggu (17/3/2019).

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengharapkan untuk Pemilu 2019 ini lebih ramah anak dibandingkan dengan penyelenggaraan pesta demokarasi sebelumnya.

"Dulu 2014 memang kita banyak menerima laporan terkait dengan penyalahgunaan politik itu dilakukan oleh berbagai elemen apakah itu caleg atau tim suksesnya," ucap dia.

Tak hanya itu, dia juga meminta agar pasangan capres dan cawapres dapat memfokuskan kepada kebijakan ramah anak, sehingga tidak ada penyalahgunaan dalam kegiatan politik.2 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Duel Barcelona vs MU Bikin Perasaan Valverde Mendua

Posted: 16 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, menilai duel timnya melawan Manchester United (MU) di Liga Champions akan sangat menarik. Tapi, di sisi lain, ia menilai pertandingan ini cukup berat bagi Lionel Messi dan kawan-kawan.

Barcelona dan MU akan bentrok di babak perempat final Liga Champions. Setan Merah lolos ke babak ini dengan perjuangan dramatis.

Sempat kalah 0-2 dari PSG di Old Trafford, Romelu Lukaku dan kawan-kawan kemudian bangkit dan mengalahkan pasukan Thomas Tuchel 3-1 di Paris.

Comeback MU tersebut jadi perhatian Valverde. Ia percaya laga di babak delapan besar nanti takkan mudah bagi Barcelona.

"Ini sulit, tetapi kami tahu undian di perempat final Liga Champions selalu sulit. Semua tim memiliki harapan tinggi dan sepenuhnya pantas berada di tempat mereka berada," kata Valverde di Soccerway.

 

 

Tim Bersejarah

(AFP/Lluis Gene)

"MU adalah tim Eropa yang bersejarah, sama seperti kami, jadi ini pertandingan yang menarik dan sulit. Mereka meraih hasil yang baik saat ini, jadi itu adalah pertandingan yang sangat terbuka yang bisa dimenangkan kedua belah pihak."

"Mereka melakukannya dengan baik melawan PSG, jadi kami harus berhati-hati. Mereka tidak menyerah dan datang ke Paris dengan banyak cedera, yang mungkin takkan terjadi saat melawan kami. Ini pertandingan yang kami nantikan," Valverde menambahkan.

Final 2009 dan 2011

Kedua tim sebelumnya pernah bertemu di final Liga Champions 2009 dan 2011. Saat itu, Barcelona yang diasuh Pep Guardiola keluar sebagai pemenang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merawat Burung Kenari Agar Memiliki Suara Indah

Posted: 16 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hewan peliharaan adalah salah satu hobi yang dimiliki sebagian orang. Tak hanya hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, tetapi beberapa orang juga memiliki hobi memelihara burung.

Ada banyak jenis burung yang dapat dipelihara dirumah. Beberapa oran gmemiliki hobi memelihara burung karena beberapa alasan. Ada yang tertarik karena bulunya yang indah, kemampuan kicaunya atau jenis burung yang memiliki nilai yang fantastis. Salah satu burung yang banyak dipelihara adalah burung kenari.

Burung Kenari

Burung kenari atau Serinus Canaria menjadi banyak yang ingin memeliharanya karena burung ini adalah burung yang mampu bernyanyi dengan sangat baik. Tak heran jika burung kenari banyak penggemarnya. Bulu burung kenari juga berbagai macam dan membentuk warna unik yang berbeda-beda.

Memiliki suara yang indah yang mampu mengeluarkan suara dengan nada yang berbeda-beda, cara merawat burung kenari pun sangatlah mudah. Beberapa tips untuk kamu bisa mendapatkan burung kenari yang sehat dengan suara yang indah kamu bisa simak cara merawat burung kenari ini.

Cara merawat burung kenari

(Sumber: iStockphoto)

Burung kenari memang dikenal sebagai jenis burung yang memiliki banyak kelebihan. Memiliki suara yang indah dengan nada dan ritme tinggi hingga rendah dan juga memiliki motif-motif bulu yang bervariasi dan berwarna-warni. Memiliki banyak daya tarik, cara merawat burung kenari nyatanya tak sulit.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Minggu (17/3/2019) berikut cara merawat burung kenari yang bisa jadi referensimu.

1. Memberikan pakan yang baik

Memelihara hewan tentu saja memberi pakan adalah faktor yang utama. Cara merawat burung kenari pun kamu perlu memerhatikan pakannya dengan baik. Pastikan kamu memberikan pakan yang bergizi seperti berasal dari campuran biji-bijian, telur puyuh rebus, kroto, sayuran segar dan asinan telur sotong.

Perlu diperhatikan juga jangan memberikan pakan yang berlebihan. Burung kenari yang mengalami berat badan berlebih biasanya akan jarang berkicau.

2. Pemasteran burung kenari

Pemasteran adalah memberikan suara burung pada burung kenari. Kamu bisa menggunakan suara burung dari rekaman musik yang diletakkan di kandang bersama dengan burung kenari peliharaanmu.

Hal ini akan membuat burung kenari berlatih berkicau. Usahakan memberikan pelatihan ini selama 2 jam berturut-turut secara rutin dan pastikan volumenya kecil agar burung kenari tak takut.

3. Merawat burung kenari

Cara merawat burung kenari adalah dengan memandikan dan menjemurnya secara rutin. Memandikan burung kenari dengan cara disemprot hingga bulunya benar-benar basah merata. Setelah dimandikan jemur burun kenari sekitar 2 jam pada pagi hari. Kamu perlu memandikan burung kenari setidaknya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

4. Membersihkan kandang burung kenari

Tak hanya membersihkan burung kenari, tempat atau kandangnya pun perlu kamu bersihkan juga. Hal ini merupakan cara merawat burung kenari yang penting juga. Kebersihan kandang burung kenari akan memberikan efek kesehatan langsung pada si burung.

Tentu kamu tidak ingin jika kotoran di kandang burung kenari akan berjamur dan menimbulkan bakteri yang bahaya untuk kesehatan burung. Perhatikan juga kebersihan tempat maakn dan tempat minumnya.

5. Usahakan hindari pengganggu

Bagi yang gemar mengikuti perlombaan burung kenari, tentu memberikan waktu istirahat pada burung kenari sangatlah penting. Usahakan untuk tidak adanya gangguan saat burung kenari istirahat. Munculnya pengganggu dapat memicu burung kenari menjadi stres dan akan berujung burung mati.

6. Merawat burung kenari dengan konsisten

Jika kamu ingin memiliki burung kenari yang memiliki suara indah dan tumbuh dengan aktif serta gesit, kamu perlu melakukan cara merawat burung kenari dengan benar dan konsisten.

Dalam merawat burung kenari membutuhkan ketelatenan dalam merawatnya setiap hari. Burung kenari tidak akan mengeluarkan suara yang indah jika kamu hanya "sekedar" memeliharanya saja.

Untuk makanan burung kenari kamu bisa memberikannya campuran biji-bijian yang dijual di pasaran, telur dan kroto, asinan, roti kering dan sayuran serta buah-buahan seperti selada, daun sawi, gambas, timun, apel, jagung muda, wortel dan paprika.

 

Jenis-jenis burung kenari

Jenis Kenari (sumber: iStock)

Burung kenari yang dapat dipelihara memiliki banyak jenisnya. Ada beberapa jenis burung kenari yang dapat dikategorikan berdasarkan karakteristiknya. Jenis-jenis burung kenari itu sebagai berikut:

- Kenari postur adalah burung kenari yang memiliki postur tubuh unik

- Kenari penyanyi yang memiliki kelebihan dari suara kicauannya

- Kenari hybrid yang merupakan hasil persilangan kenari dengan finch

- Kenari warna adalah burung kenari yang memiliki keunggulan dalam warna bulunya

Demikian tahapan cara merawat burung kenari dan beberapa jenis burung kenari yang dapat dipelihara. Jika kamu telah memeutuskan untuk memelihara hewan, kamu berkewajiban untuk merawatnya dengan baik. Ditambah lagi jika kamu gemar mengikuti perlombaan hewan peliharaan. Kunci merawatnya adalah konsisten dan telaten.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Solskjaer Ungkap Penyebab MU Tersingkir dari Piala FA

Posted: 16 Mar 2019 09:35 PM PDT

Wolverhampton- Manchester United (MU) gagal melaju lebih jauh di Piala FA 2018-2019. Kegagalan itu terjadi setelah MU kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers, di Molineux Stadium, Minggu (17/3/2019) dini hari WIB.

Gol dari striker Marcus Rashford pada menit ke-95 tak mampu selamatkan MU dari kekalahan.

Dua gol yang membuat Manchester United terjungkal untuk kali kedua dalam rentang sepekan datang dari Raúl Jiménez (70') dan Diogo Jota (76'). Bagi tuan rumah, melaju ke babak semifinal menjadi catatan bersejarah setelah 21 tahun.

Sebaliknya, bagi MU, kekalahan ini menjadi pukulan telak setelah kalah 0-2 dari Arsenal di pentas Premiership. Kondisi ini tak terlalu baik, setelah penampilan The Red Devils mendapat pujian setinggi langit seusai menaklukkan Paris Saint-Germain (PSG).

Caretaker Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer mengakui kualitas permainan anak asuhnya tak bagus. Alhasil, Wolves bisa tampil bebas dan berhasil memanfaatkan kelengahan konsentrasi via dua gol dalam rentang enam menit.

Solskjaer mengungkapkan, anak asuhnya telat panas, sehingga memberi ruang kepada lawan menekan. "Kami memulai pertandingan sangat lambat, dan larut dalam permainan lawan. Penguasaan bola kami tak cukup bagus, dan tak berjalan cepat. Jadi, itu sangat mengecewakan," jelasnya.

 

Tak Ada Variasi

Penyerang Manchester United, Marcus Rashford (depan) terjatuh saat berjibaku kontra pemain Wolverhampton Wanderers, Romain Saiss, Minggu (17/3/2019) dini hari WIB. Manchester United takluk 1-2.  (AFP / Lindsey Parnaby)

Secara gamblang, Solskjaer menganggap pasukannya tak punya cukup kualitas pada 30 menit terakhir. Hasilnya, mereka kebobolan dan hanya sanggup membalas satu gol pada menit terakhir.

"Kami juga tak memiliki banyak kombinasi permainan. Kami sempat dominan pada babak pertama, tapi tak cukup membantu jika selalu kehilangan bola dan lawan bisa menyerang balik," jelas Solskjaer.

Solskjaer berharap fans mengerti dengan siklus yang sedang terjadi dengan anak asuhnya. "Ini alami karena Anda tak akan pernah selalu tampil pada level terbaik setiap pertandingan. Ini permainan terburuk kami, tapi Wolves tampil bagus," sebutnya.

Pada sisi lain, Manajer Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito mengaku kaget dengan performa anak asuhnya. "Kami bisa tampil bagus di setiap lini dengan atmosfer fantastik. Kemenangan atas MU sangat berarti bagi kami," katanya.

Sumber: ManUtd, BBC

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AHY Cari Waktu Ikut Kampanye Terbuka dengan Prabowo-Sandi

Posted: 16 Mar 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrat masih belum menentukan waktu kampanye terbuka dengan capres dan cawaores Prabowo-Sandiaga. Namun Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memastikan, kampanye terbuka bersama pasangan capres-cawapres nomor urut 02 akan terlaksana.

"Saya yakinkan kita akan memiliki kebersamaan di lapangan nanti," ujar AHY usai bermain basket bersama Sandiaga di Gelanggang Olahraga Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (17/3/2019).

AHY mengatakan, sejauh ini pihaknya masih mencari waktu yang tepat untuk melakukan kampanye terbuka. Bahkan, ketika menyambangi kediaman Prabowo beberapa waktu lalu, dia mengaku mensikronisasi waktu kampanye.

AHY menyebut, meski berada dalam satu koalisi, tak selalu harus hadir dalam satu panggung yang sama. Alasannya, banyak daerah yang perlu dijangkau untuk memaksimalkan kampanye politik.

"Tentu kita tidak harus selalu tampil bersama-sama karena Indonesia ini luas sekali masyarakatnya karena itu kita lebih baik ada di berbagai tempat," kata AHY.

Sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan KPU, kampanye terbuka berlangsung pada 23 Maret hingga 13 April dilanjutkan dengan masa tenang hingga hari pencoblosan pada 17 April 2019.

Tak Hadiri Debat Cawapres

Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta maaf kepada Cawapres Sandiaga Uno karena tidak bisa menghadiri debat ketiga Pilpres 2019 malam ini. Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu akan bertolak ke Kalimantan dan Sumatera untuk safari politik.

"Nanti malam saya sudah harus mempersiapkan diri perjalanan ke Kalimantan dan Sumatera, jadi mohon maaf sekali tapi pasti doa saya dan spirit saya untuk Mas Sandi," ujar AHY usai bermain basket bersama Sandi di Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (17/3/2019).

Meski tidak ikut menghadiri debat ketiga khusus cawapres, AHY mengaku sudah berkomunikasi dengan Sandi jelang debat hari ini. Gagasan dan masukan dari Partai Demokrat yang terkait tema debat hari ini yaitu kesehatan, ketenagakerjaan, pendidikan, dan sosial budaya, telah disampaikan kepada Sandi.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polri Antisipasi Potensi Kerawanan Usai Penembakan di Masjid Selandia Baru

Posted: 16 Mar 2019 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pascainsiden penembakan di masjid Selandia Baru, tepatnya di Christchurch dan Linwood, pada 15 Maret 2019 lalu, Polri mengatakan tengah melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi potensi 'kerawanan' di Tanah Air yang mungkin terinspirasi dari peristiwa yang telah menewaskan 50 orang itu, termasuk seorang WNI.

"Polri sudah mempersiapkan langkah-langkah antisipasi untuk memitigasi potensi kerawanan tersebut ...  berkoordinasi bersama Polda, Pam Obvit, kantor-kantor kedutaan besar dan konsulat jenderal (di Indonesia)" kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dedi Prasetyo saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (17/3/2019).

Dedi menjawab pertanyaan Liputan6.com mengenai 'potensi kemarahan sekelompok oknum' atau parahnya, 'potensi aksi teror balas dendam' di dalam negeri yang mungkin bertalian dengan kejadian di Selandia Baru.

Karopenmas menambahkan bahwa Detasemen Khusus 88 dan Satgas Anti-Teror "terus melaksanakan monitoring setiap pergerakan sleeping cells yang sudah di-profiling."

Ia juga mengingatkan bahwa "Polri bisa melakukan preventive strike kepada para terduga yang akan melaksanakan aksi teror, sesuai dengan UU No.5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme."

Peristiwa di dua masjid Christchurch (Al Noor dan Linwood Islamic Centre) yang telah didefinisikan sebagai aksi teror oleh Selandia Baru, melibatkan setidaknya seorang tersangka, Brenton Tarrant, yang disebut sebagai seorang ekstremis sayap kanan dan 'supremasi kulit putih'.

Tarrant telah didakwa oleh penegak hukum Selandia Baru pada 16 Maret 2019. Ia dituntut dengan pasal pembunuhan.

Aparat Penegak Hukum AS Juga Waspada

Sementara itu, Biro Investigasi Federal Amerika Serikat juga dilaporkan tengah memeriksa kembali basis data intelijennya sebagai langkah pencegahan atas potensi kekerasan di dalam negeri yang terinspirasi teror penembakan di masjid Selandia Baru.

Menurut laporan CNN seperti dikutip dari TVNZ.co.nz, sejak 15 Maret 2019, FBI telah meminta semua kantor cabangnya di seluruh negara bagian AS untuk "meninjau kembali dokumen kasus dan me-manajemen kembali subjek individu atau kelompok yang mungkin telah menyatakan minatnya untuk menyerang institusi keagamaan" pasca-penembakan di Selandia Baru.

Otoritas penegak hukum tertinggi AS itu "juga menugaskan agen di kantor cabang untuk menghubungi informan mereka dengan informasi terkait potensi serangan serupa di Amerika."

"Situasi saat ini di Christchurch sedang dipantau, dan FBI sedang terlibat dengan polisi setempat pada saat ini," sumber CNN melaporkan.

 

Simak vidieo pilihan berikut:

Polri Minta Masyarakat Tenang

Polisi mengevakuasi warga saat terjadi insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Polisi Kota Christchurch langsung dikerahkan ke sekitar lokasi penembakan. (AP Photo/Mark Baker)

Muncul kekhawatiran bahwa penembakan di masjid Selandia Baru mampu menimbulkan efek riak, terutama bagi masyarakat di Indonesia --negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Terlebih, penembakan itu ikut menelan seorang korban jiwa WNI dan melukai 7 lainnya.

Menyikapi kekhawatiran itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen. Pol. Dedi Prasetyo mengimbau masyarakat Indonesia untuk tenang dan tidak terpancing 'siklus kekerasan dan kebencian' pasca-insiden tersebut.

Dedi juga mengatakan bahwa "Polri telah bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait dan para tokoh lintas agama untuk tetap mendinginkan masyarakat," jelasnya kepada Liputan6.com.

"Pemerintah juga telah mengambil sikap dengan mengutuk tindakan terorisme yang dilakukan tersangka di Selandia Baru," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jordyn Woods Masih Berharap Diampuni Khloe Kardashian

Posted: 16 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Semua anggota keluarga Kardashian-Jenner saat ini tengah menjaga jarak dengan Jordyn Woods. Ia dianggap sebagai orang ketiga yang membuat Khloe Kardashian dan Tristan Thompson renggang. Namun, wanita yang pernah dekat dengan Kylie Jenner ini, berharap masih bisa dimaafkan oleh Khloe.

"Dia (Jordyn Woods) tahu dia mengacau dan akan melakukan apa saja untuk memperbaikinya. Dia berpikir menunjukkan dirinya dan meminta maaf kepada Khloe di depan umum (di Red Table Talk) akan membantu, tetapi itu menjadi bumerang, permintaan maafnya dibom dan hanya membuat Khloe lebih marah. Jordyn sangat terpukul ketika Khloe menyebutnya pembohong (di Twitter) setelah acara itu ditayangkan, dia tidak mengharapkan itu," ujar seorang sumber terdekat Jordyn dikutip dari laman HollywoodLife.

Sejak kejadian tersebut, Jordyn pun merasa dikucilkan dan kesepian. Meski begitu, ia berharap suatu hari nanti Khloe bisa memaafkannya. "Jordyn masih berpegang teguh pada harapan bahwa Khloe akan memaafkannya, dia tak bisa membayangkan dikucilkan selamanya."

Harapan itu masih terus dipegang oleh Jordyn Woods karena ia sangat mengenal kakak dari sahabatnya itu. Selama mengenal Khloe Kardashian, Jordyn tahu Khloe memiliki hati yang besar, meski sepertinya kasus perselingkuhan akan sulit dimaafkan. Terlebih ia telah merusak kepercayaan keluarga Kardashian-Jenner.

Hanya Berciuman

Artinya, Tristan Thompson tak bisa keluar rumah tanpa kehadiran Khloe Kardashian di sampingnya. (instagram/realtristan13)

Terkait perselingkuhan Tristan dengannya, Jordyn mengaku bahwa ia hanya berciuman dengan kekasih Khloe Kardashian itu.

"Never once was I giving him a lap dance, making out with him, sitting all over him. We're in a group. Never once did we leave the public area to go to a bedroom, a bathroom — we're all in plain sight," aku Jordyn kepada Jada Pinkett Smith, lewat acara Red Table Talk.

Mendengar penyataan tersebut, Khloe pun langsung menyebut Jordyn adalah pembohong. Lebih lanjut lewat akun Twitternya, Khloe menyebut dirinya kecewa dengan Jordyn yang tak mengakui langsung kesalahannya kepada yang bersangkutan.

Lanny Kusumastuti/Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Cara Ternak Kroto dengan Paralon dan Toples yang Murah serta Simpel

Posted: 16 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kroto merupakan nama yang digunakan untuk menyebut telur atau larva semut. Kata "kroto" sendiri berasal dari bahasa Jawa yang kemudian menjadi populer di tanah air yang berarti komponen yang terdapat di dalam telur semut ini terdiri atas larva dan pupa. Tampilan fisik kroto sekilas mirip dengan butiran nasi, yakni berbentuk lonjong dan berwarna putih.

Ukuran sebutir kroto besar sekitar 1 cm dengan diameter 5 mm. Adapun panjang kroto kecil sekitar 5-6 mm dengan diameter 2 mm. Kroto dihasilkan oleh ratu semut rangrang dan keberadaannya dilindungi dengan ketat oleh para semut pekerja dan biasanya ini tertelat di dalam gulungan daun. Biasanya satu kali panen bisa menghasilkan untung puluhan juta rupiah.

Jumlah telur yang dihasilkan bisa sangat banyak hingga ribuan dan smeut pekerja yang menjaganya pun sangat banyak. Kroto berukuran besar biasanya akan menjadi calon ratu semut dan diproduksi sekitar bulan September hingga Januari. Sementara itu, kroto berukuran sedang (kroto halus) akan menjadi calon semut betina, semut prajurit, atau semut pekerja.

Kroto sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat herbal namun lebih terkenal digunakan sebagai pakan burung atau unggas karena kandungan nutrisinya akan membuat burung menjadi lebih lincah dan lebih berkicau merdu. Bagi kamu yang ingin tau cara ternak kroto, berikut Liputan6.com rangkum cara ternak kroto bagi pemula dan bisa hasilkan uang jutaan rupiah, Minggu (17/3/2019).

Cara ternak kroto dengan paralon

Ada banyak cara ternak kroto yang bisa kamu lakukan untuk menhasilkan kroto berkualitas. Salah satunya ternak kroto dengan paralon. Media ini sudah banyak peternak kroto yang menggunakan karena lebih baik dan simple. Media paralon sangat mudah untuk didapatkan, karena banyak yang jual, kerapian terjamin, media lebih awet dan lebih menampung banyak.

1. Cara ternak kroto dengan paralon yang pertama adalah membuat model bersusun 2 tingkat. Rak dalam hal ini bisa dibuat menggunakan bambu, besi atau kayu sejenis serta ukuran disesuaikan dengan tempat atau lokasinya.

2. Cara ternak kroto dengan paralon yang kedua adalah letakkan diatas rak kaki wadah plastic seperti mangkuk atau potongan plastik. Isi wadah tadi dengan cairan bisa air juga oli. Sehingga semut rangrang tidak keluar dari paralon.

3. Cara ternak kroto dengan paralon yang ketiga adalah pastikan rak bersentuhan tidak bersentuhan dengan dinding atau benda lain.

4. Cara ternak kroto dengan paralon yang keempat adalah potong paralon dengan diameter 4 atau 5 inci dengan panjang sekitar 50 cm atau bisa disesuaikan dengan lebar rak.

5. Cara ternak kroto dengan paralon yang kelima adalah susunlah paralon tersebut dengan rapi dan masukkan dedaunan agar semut rangrang merangsang untuk membuat sarang.

6. Cara ternak kroto dengan paralon yang keenam adalah tabur bibit koloni semut rangrang di kandang sehingga semakin banyak semut rangrang yang datang dan membuat kroto dimedia paralon ini.

7. Cara ternak kroto dengan paralon yang ketujuh adalah memberi makan semut rangrang misalnya cicak, belalang, jangkrik, ulat atau hewan kecil lainyya serta hancurkan terlebih dahulu.

8. Cara ternak kroto dengan paralon yang kedelapan adalah panen. Kroto baru bisa dipanen setelah berusia 15-20 hari. Ingat pemanenan dapat dilakukan apabila sarang telah penuh dengan telur atau kroto yang berwarna putih.

Cara ternak kroto dengan toples

Kebanyakan peternak kroto menggunakan toples sebagai media ternak bibit kroto yang fungsinya sebagai rumah semut rangrang dan kroto. Cara ternak kroto dengan toples selain panennya mudah dilakukan, wadahnya mudah didapatkan, relative murah, dapat mengamati perkembangan pertumbuhan kroto secara langsung serta teknik menjualnya pun juga sangat cepat.

Cara ternak kroto dengan toples yang ketiga adalah

1. Cara ternak kroto dengan toples yang pertama adalah siapakan toples dan lubangi dengan diameter 5-7 cm bagian bawahnya, setelah itu tutup kembali lubang tadi dengan lakban.

2. Cara ternak kroto dengan toples yang kedua adalah apabila sudah mendapatkan bibit semut rangrang maka masukkan saja sarang tersebut ke dalam toples lalu tutup dengan rapat.

3. Cara ternak kroto dengan toples yang ketiga adalah pastikan dalam satu koloni tersebut terdapat jenis semut rangrang yang lengkap. Ada ratu semut, prajurit, semut pejantan dan semut pekerja sehingga semut dapat bertelur dengan sempurna.

4. Cara ternak kroto dengan toples yang keempat adalah agar semut tidak kabur ataupun pindah lokasi isi nampan dengan air dan masukkan ke dalam plastik lalu letakkan batu di tengah permukaan nampan

5. Cara ternak kroto dengan toples yang kelima adalah letakkan bibit semur rangrang yang berada di dalam toples untuk kemudian ditempatkan diatas batu.

6. Cara ternak kroto dengan toples yang keenam adalah apabila posisi benar-benar tegak lakban dapat dilepas dan semut dengan bebas mencari makan.

7. Cara ternak kroto dengan toples yang ketujuh adalah jangan lupa memberi makan dan perhatikan sekali sehari proses pertumbuhan kroto dalam toples.

8. Tunggu sampai kroto bisa dipanen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malam Minggu, Jokowi Habiskan Waktu Pilih-Pilih Baju Anak Bersama Menantu

Posted: 16 Mar 2019 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Memanfaatkan waktu di sela kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan malam minggu dengan memilih baju anak bersama menantunya, Bobby Nasution. Ia mendatangi salah satu konter perlengkapan bayi dan anak di Mal Centre Point pada Sabtu malam, 16 Maret 2019.

Jokowi yang kala itu kembali mengenakan jaket edisi terbatas dari brand lokal asal Bandung, Rawtype Riot, asyik menyusuri selasar sambil melihat-lihat baju yang cocok untuk Sedah Mirah. Ia juga sempat meyimak penjelasan dari pramuniaga yang bertugas saat itu.

Setelah beberapa lama, Jokowi dan Bobby akhirnya memilih dua pasang pakaian buat Sedah. Ada yang berwarna abu-abu, dan satu lagi berwarna biru, terlihat dari pakaian yang dipegang pramuniaga di sampingnya seperti diunggah dalam akun Instagram @sekretariat.kabinet.

Tak hanya memilih baju, Jokowi juga menemui masyarakat sekitar malam itu. Ia melayani permintaan foto dari orang-orang yang menyemut. Sementara di sekelilingnya, Paspampres tampak kerepotan mengatur warga.

Sebelum acara malam mingguan bersama menantunya, Jokowi lebih dulu hadir dalam acara Pagelaran Budaya Lintas Etnis Provinsi Sumatra Utara, di Stadion Teladan, Medan. Ia mengenakan pakaian adat Melayu lengkap dengan penutup kepalanya.

Menurut Jokowi, Sumatra Utara merupakan miniaturnya Indonesia. Di dalamnya ada berbagai suku, dari Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak, Batak Simalungun, Batak Toba, Melayu, Nias, hingga etnis India dan Tionghoa.

"Agamanya pun berbeda-beda, Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Meski begitu majemuk, dalam sejarahnya, tak ada perpecahan mau pun pertikaian di Sumatra karena perbedaan itu," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya @jokowi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Capres dan cawapres nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi-Ma'ruf Amin bersalaman dengan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno usai debat perdana Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tren Tingkat Pengangguran di RI Menurun

Posted: 16 Mar 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat ketiga dalam rangka pemilihan presiden (Pilpres) 2019 pada Minggu 17 Maret 2019.

Pada debat ketiga kali ini akan diikut oleh dua calon wakil presien (cawapres) saja yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno. Debat ketiga kali ini bicara soal pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Sebelum melihat debat ketiga tersebut, yuk mari melihat bagaimana data pengangguran dan tenaga kerja di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran terbuka cenderung turun. Data terakhir menunjukkan, hingga Agustus 2018, tingkat pengangguran terbuka mencapai 5,34 persen. Angka ini memang naik kalau dibandingkan Februari 2018 di posisi 5,13 persen.

Sedangkan dilihat dari Agustus 2012 cenderung merosot. Tingkat pengangguran terbuka (TPT) tercatat 6 persen, kemudian pada Februari 2013 di posisi 5,88 persen. Kembali naik pada Agustus 2013 menjadi 6,17 persen. TPT kembali merosot menjadi 5,7 persen pada Februari 2014 dan Agustus 2014, TPT mencapai 5,04 persen.

TPT kembali turun mencapai 5,81 persen pad Februari 2015 dan Agustus 2015 kembali naik menjadi 6,18 persen.

Lalu pada Februari 2016, TPT turun menjadi 5,5 persen dan Agustus 2016 mencapai sebesar 5,6 persen. Angka TPT pun kembali turun menjadi 5,33 persen pada Februari 2017 dan Agustus 2017 sebesar 5,5 persen. Lalu TPT kembali merosot menjadi 5,13 persen pada Februari 2018 dan hingga Agustus 2018 naik menjadi 5,34 persen.

Adapun TPT ini merupakan persentase jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja. Berdasarkan data BPS menunjukkan tingkat pengangguran mencapai 7 juta pengangguran hingga Agusttus 2018. Angka ini naik tipis dari periode Februari 2018 sebesar 6,87 juta. Kemudian pada Agustus 2017 sebesar 7,04 juta dan Februari 2017 sebesar 7,01 juta.

Pada Agustus 2016, tingkat pengguran mencapai 7,02 juta. Angka ini sama dengan Februari 2016 sebesar 7,02 juta. Angka tersebut turun dari posisi Agustus 2015, pengangguran mencapai 7,56 juta orang dan Februari 2015 sebesar 7,45 juta.

Pada Agustus 2014, tingkat pengangguran 7,24 juta dan Februari 2014 sebesar 7,15 juta. Sementara itu, Agustus 2013, tingkat pengangguran 7,41 juta dan Februari 2013 sebesar 7,24 juta. Agustus 2012, tingkat pengangguran sebesar 7,35 juta.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, turunnya tingkat pengangguran didukung sektor riil yang bergerak dapat menyerap tenaga kerja. Sektor riil tersebut bergerak didukung kebijakan stimus dan insentif fiskal pemerintah.

Akan tetapi, Josua mengingatkan kalau tingkat pengangguran terbuka trennya menurun, tetapi pengangguran juga tinggi di pedesaan ketimbang perkotaan.

Melihat data BPS menunjukkan, penduduk bekerja yang berdasarkan lapangan kerjanya yang alami penurunan dari sektor pertanian 0,89 persen, jasa lainnya 0,11 persen dan jasa pendidikan 0,05 persen, hingga Agustus 2018.

"Tingkat pengangguran di pedesaan cukup tinggi dari perkotaan. Indikasi juga ada migrasi dan dampak dari urbanisasi karena berkembangnya industri di pedesaan," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com.

 

Selanjutnya

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan gedung dan jalan di Jakarta, Sabtu (10/11). Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mensertifikasi 3.255 tenaga kerja konstruksi. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Lebih lanjut ia menuturkan, saat ini tenaga kerja di sektor pertanian banyak ditinggalkan. Hal ini mengingat mungkin belum tercapainya kesejahteraan di sektor pertanian. Padahal desa punya potensi besar demikian juga sektor pertanian.

"Pemberdayaan daerah dan di desa perlu diprioritaskan. Perlu ada kebijakan riil  dan pro petani untuk berdayakan petani dan ada insentif untuk perhatikan kesejahteraan petani," kata dia.

Josua menuturkan, pemerintah memang telah memiliki program dana desa untuk meningkatkan ekonomi desa dan daerah tertinggal. Ia mengharapkan program tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan di pedesaan sehingga masyarakat juga tidak meninggalkan sektor pertanian.

Selain itu, Josua juga menyoroti soal produktivitas tenaga kerja di Indonesia. Produktivitas tenaga kerja di Indonesia dinilai masih kurang dibandingkan China, Vietnam, dan Thailand. Padahal biaya tenaga kerja di Indonesia cukup mahal. Menurut Josua, hal itu juga menjadi perhatian investor untuk berinvestasi di Indonesia.

"Rasio cost produktivitas sangat tinggi. Cost besar tidak diikuti dengan produktivitas. Ini salah satu concern industri. Selain masalah izin, ketenagakerjaan juga tidak produktif, gaji kemahalan, ini kunci produktivitas sehingga harapan bisa bersaing. Investor bisa membandingkan kondisi di sini dengan negara lain," kata dia.

Selain itu, ia menilai, pendidikan vokasi yang sudah digencarkan pemerintah cukup baik. Ini untuk menghubungkan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan industri. "Industri dalam negeri akan lebih mudah mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan, sehingga ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata dia.

 

Data Jumlah Angkatan Kerja dan Bekerja

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan gedung dan jalan di Jakarta, Sabtu (10/11). Tenaga kerja peraih sertifikat Kementerian PUPR meliputi tukang, mandor, drafter, surveyor, operator pelaksana dan pengawas. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Lalu bagaimana dengan data angkatan kerja dan jumlah penduduk yang bekerja?

Berdasarkan data BPS, jumlah angkatan kerja terus meningkat. Penduduk yang termasuk angkatan kerja ini merupakan penduduk usia kerja (15 tahun lebih) yang bekerja atau punya pekerjaan tapi sementara tidak bekerja dan pengangguran.

Sedangkan bekerja adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan seseorang dengan maksud memperoleh atau membantu memperoleh pendapatan atau keuntungan paling sedikit satu jam atau tidak terputus dalam seminggu lalu.

Kegiatan itu termasuk pola kegiatan pekerja tak dibayar yang membantu dalam usaha dan kegiatan ekonomi. 

Jumlah angkatan kerja Agustus 2012: mencapai 119,85 juta

Jumlah penduduk bekerja Agustus 2012: 112,50 juta

Jumlah angkatan kerja Februari 2013: 123,17 juta

Jumlah penduduk bekerja Februari 2013: mencapai 115,93 juta

Jumlah angkatan kerja Agustus 2013: 120,17 juta

Jumlah penduduk bekerja Agustus 2013 mencapai 112,76 juta

Jumlah angkatan kerja Februari 2014: mencapai 125,32 juta

Jumlah penduduk bekerja Februari 2014: mencapai 118,17 juta

Jumlah angkatan kerja Agustus 2014: mencapai 121,87 juta

Jumlah penduduk bekerja Agustus 2014:mencapai 114,63 juta

Jumlah angkatan kerja Februari 2015 :mencapai 128,30 juta

Jumlah penduduk bekerja Februari 2015: mencapai 120,85 juta

Jumlah angkatan kerja Agustus 2015: mencapai 122,38 juta

Jumlah penduduk bekerja Agustus 2015: mencapai 120,65 juta

 

 

Selanjutnya

Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan gedung dan jalan di Jakarta, Sabtu (10/11). Selain memberi sertifikasi, Kementerian PUPR juga memberi bimbingan teknis keahlian kepada 208 peserta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Jumlah angkatan kerja Februari 2016: mencapai 127,67 juta

Jumlah penduduk bekerja Februari 2016: mencapai 120,65 juta

Jumlah angkatan kerja Agustus 2016: mencapai 123,44 juta

Jumlah penduduk bekerja Agustus 2016: mencapai 118,41 juta

Jumlah angkatan bekerja Februari 2017: mencapai 131,55 juta

Jumlah penduduk bekerja Februari 2017: mencapai 124,54 juta

Jumlah angkatan bekerja Februari 2018: mencapai 133,94 juta

Jumlah penduduk bekerja Februari 2018: mencapai 127,07 juta

Jumlah angkatan kerja Agustus 2018: mencapai 131,01 juta

Jumlah penduduk bekerja Agustus 2018: mencapai 124,01 juta

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Everton Vs Chelsea: Misi Perbaiki Posisi

Posted: 16 Mar 2019 09:20 PM PDT

Jakarta - Chelsea mengusung misi untuk memperbaiki posisi saat menghadapi Everton pada pertandingan pekan ke-31 Premier League di Goodison Park, Minggu (17/3/2019). Kemenangan bakal sangat berarti untuk mengangkat posisi mereka di klasemen.

Chelsea saat ini berada di posisi enam dengan 57 poin, tetapi baru memainkan 29 pertandingan. Sementara itu, Manchester United (58), Arsenal (60) dan tim-tim lain di atasnya telah memainkan 30 pertandingan.

Menang atas Everton, Chelsea bisa menyalip MU. Dengan kemenangan besar, mereka bahkan berpeluang mengambil alih tempat Arsenal di tangga ke-4. Selain itu, kemenangan juga akan membuat Chelsea berada satu poin di belakang peringkat tiga, Tottenham Hotspur.

Mampukah Chelsea melakukannya? Jika melihat performa, peluang itu cukup terbuka.

Pada laga terakhirnya, Everton kalah melawan tuan rumah Newcastle dengan skor 2-3. Dalam laga itu, anak-anak asuh Marco Silva sejatinya sempat unggul dua gol terlebih dahulu melalui Dominic Calvert-Lewin serta Richarlison, namun mereka kolaps dan harus pulang dengan tangan hampa.

Dengan hasil tersebut, berarti Everton kalah empat kali dan hanya menang sekali dalam enam laga terakhirnya di Premier League (M1 S1 K4).

Sementara itu, Chelsea baru saja menghabisi tuan rumah Dynamo Kiev 5-0 dan memastikan diri lolos ke perempat final Liga Europa dengan agregat telak delapan gol tanpa balas. Olivier Giroud jadi bintang di Ukraina dengan hat-trick dan satu assist atas namanya.

Melawan Dynamo Kiev, Chelsea kehilangan striker Gonzalo Higuain yang terserang sakit. Higuain sudah bisa kembali memperkuat Chelsea untuk laga kontra Everton, tapi belum pasti dipasang sebagai starter oleh sang manajer Maurizio Sarri.

Sarri bisa saja memberi kesempatan pada Giroud untuk kembali main dari menit awal bersama Eden Hazard dan Pedro Rodriguez di lini serang.

Pada pertemuan pertama musim ini, Chelsea ditahan 0-0 oleh Everton di Stamford Bridge. Ganti bertandang ke Goodison Park, skuat London Biru takkan ragu mengincar hasil yang lebih baik.

 

Prakiraan susunan pemain:

Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Idrissa Gueye, Andre Gomes; Richarlison, Gylfi Sigurdsson, Bernard; Dominic Calvert-Lewin.

Manajer: Marco Silva (Portugal)

Chelsea (4-3-3): Kepa Arrizabalaga; Cesara Azpilicueta, Antonio Rudiger, David Luiz, Emerson; N'Golo Kante, Jorginho, Ross Barkley; Pedro, Olivier Giroud, Eden Hazard.

Manajer: Maurizio Sarri (Italia)

Statistik dan catatan pertemuan kedua tim

Head to head kedua tim:

  • 11/11/18 Chelsea 0 - 0 Everton (Premier League)
  • 23/12/17 Everton 0 - 0 Chelsea (Premier League)
  • 26/10/17 Chelsea 2 - 1 Everton (Piala Liga Inggris)
  • 27/08/17 Chelsea 2 - 0 Everton (Premier League)
  • 30/04/17 Everton 0 - 3 Chelsea (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Everton:

  • 07/02/19 Everton 0 - 2 Manchester City (Premier League)
  • 09/02/19 Watford 1 - 0 Everton (Premier League)
  • 27/02/19 Cardiff City 0 - 3 Everton (Premier League)
  • 03/03/19 Everton 0 - 0 Liverpool (Premier League)
  • 09/03/19 Newcastle United 3 - 2 Everton (Premier League)

Lima pertandingan terakhir Chelsea:

  • 28/02/19 Chelsea 2 - 0 Tottenham Hotspur (Premier League)
  • 03/03/19 Fulham 1 - 2 Chelsea (Premier League)
  • 08/03/19 Chelsea 3 - 0 Dynamo Kyiv (Liga Europa)
  • 10/03/19 Chelsea 1 - 1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)
  • 15/03/19 Dynamo Kyiv 0 - 5 Chelsea (Liga Europa)

Persentase menang: Everton 45 - 55 Chelsea

Sumber: Bola.net

Saksikan siaran langsung pertandingan-pertandingan Premier League, La Liga, Ligue 1, dan Liga Europa di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiper Juventus: Ramsey Tak Pernah Berhenti Berlari

Posted: 16 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Kiper Juventus, Wojciech Szczesny, mengaku senang mendengar kabar Aaron Ramsey akan merapat ke Turin musim depan. Di mata dia, Ramsey adalah pemain dengan energi tinggi.

Ramsey adalah salah satu gelandang terbaik di Liga Inggris. Musim depan dia akan resmi meninggalkan Arsenal dan merapat ke Juventus.

Pemain asal Wales itu sudah tekan kontrak dengan durasi empat tahun di Juventus. Ia juga bakal menerima gaji yang cukup besar, yakni sebesar tujuh juta euro per musim.

Szczesny kenal betul siapa Ramsey. Keduanya pernah main bareng di Emirates Stadium.

 

 

Komentar Szczesny

(AFP/Issabella Bonotto)

"Ramsey tidak pernah menganggap sepak bola sebagai permainan taktis," kata Szczesny di Soccerway.

"Ramsey adalah pria yang berlari selama 90 menit penuh. Dia berlari lebih dari pemain mana pun yang pernah bermain denganku. Dia berlari 13 kilometer per pertandingan tanpa ada masalah. Menurutku, dia akan menjadi tambahan pemain yang bagus untuk Juventus," Szczesny menambahkan.

Statistik Ramsey

Ramsey sendiri sudah membela Arsenal dalam 35 pertandingan musim ini. Ia juga menyumbangkan empat gol dan delapan assist.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Akan Resmikan Pelabuhan Sibolga

Posted: 16 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di bandara Ferdinand Lumban (FL) Tobing, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara untuk memulai kunjungan kerja.

Jokowi terbang dari lapangan udara Suwondo dengan menggunakan pesawat TNI AU dan tiba di bandara FL Tobing pada sekitar pukul 08.30 WIB.

Presiden Jokowi dijadwalkan meresmikan Pelabuhan Sibolga dan sejumlah acara lain pada pagi hingga sore hari ini. 

Saat tiba di bandara, Presiden Jokowi disambut oleh Wakil Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar Akbar Tanjung dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Demikian dilansir dari Antara, Minggu (17/3/2019).

Turut hadir dalam rombongan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana antara lain Kepala Staf Presiden Moeldoko, Guburnur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan istri, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto, Pangdam I/BB Mayjen TNI MS. Fadhilah dan pejabat terkait lain.

Pada 2016, Jokowi hadir melakukan peletakan batu pertama pengembangan Pelabuhan Sibolga.

 

Pelabuhan Sibolga

Pengembangan Pelabuhan Sibolga itu meliputi dermaga multifungsi dengan panjang 153 meter, lapangan penumpukan kontainer (container yard), penguatan dermaga, trestle dan breasting dolpin, pemasangan crane dermaga (fix crane), penataan terminal penumpang dan perluasan dermaga feri 400 meter persegi.

Pelabuhan juga dilengkapi dengan ruang tunggu, ruang VIP, ruang menyusui, ruang panel, ruang perkantoran untuk syahbandar, Imigrasi, kesehatan, karantina, ruang loket dan lainnya.

Terminal Pelabuhan Sibolga tersebut dibangun tiga lantai dengan luas 300 meter persegi.

Ke depannya, pelabuhan Sibolga tidak hanya akan melayani penumpang serta distribusi logistik saja. Namun, juga akan dibangun pelabuhan curah cair guna memudahkan distribusi komoditas yang ada di Sibolga, salah satunya Crude Palm Oil (CPO) atau minyak sawit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Siaran Langsung Bali United vs Timnas Indonesia U-23 di Indosiar

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Jakarta Jelang Kualifikasi Piala AFC U-23 2020, Timnas Indonesia U-23 akan beruji coba dengan Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (17/3/2019). Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar.

Setelah menjuarai Piala AFF U-22 2019, Timnas Indonesia U-23 kini akan kembali bertempur pada turnamen yang lebih besar lagi. Pasukan Indra Sjafri akan tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020 yang berlangsung di Hanoi, Vietnam, pada 22-26 Maret 2019.

Turnamen tersebut tentu saja lebih bergengsi dan sulit ketimbang Piala AFF 2019. Apalagi lawan-lawan yang akan dihadapi merupakan tim yang pernah dikalahkan Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF lalu yakni Thailand dan Vietnam.

Meski demikian, hal itu tak bisa menjadi ancuan karena para lawan mengganti hampir seluruh pemain sebagai tanda keseriusan mereka. Timnas Indonesia U-23 pun dituntut untuk menjadi juara Grup K untuk bisa lolos langsung dan meraih tiket ke Piala AFC U-23 2020.

Persiapan turnamen kali ini memang tak sampai 3 pekan. Pada laga uji coba perdana, Timnas Indonesia U-23 harus puas bermain imbang 2-2 melawan Semen Padang. Namun, ketika itu materi pemain yang diinginkan Indra Sjafri belum komplet.

Kini, untuk laga melawan Bali United, Indra Sjafri sudah bisa memainkan Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, dan Ezra Walian yang sudah bergabung. Hal ini juga menjadi kesempatan buat Indra Sjafri untuk menentukan 23 pemain yang akan menjadi skuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

Berikut jadwal pertandingan uji coba antara Bali United melawan Timnas Indonesia U-23, selengkapnya.

Jadwal Pertandingan Bali United vs Timnas Indonesia U-23

16.00 WIB: Bali United Vs Timnas Indonesia U-23 (Live Indosiar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdurasi 3 Jam, Avengers: Endgame Uji Coba Tayang Sampai 4 Kali

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Avengers: Endgame sedang menjadi salah satu film superhero paling ditunggu. Film bakal tayang di bioskop pada April 2019. Terutama, bagi para penggemar komik dan film Marvel di seluruh dunia.

Di film Avengers: Endgame, para Avengers masih harus melawan musuh mereka, Thanos. Thanos masih menjadi musuh terkuat yang pernah dilawan oleh Avengers, ketimbang lawan-lawan di film-film Marvel sebelumnya.

Film ini dikabarkan memiliki durasi terpanjang dari film-film Avengers bahkan film-film Marvel sebelumnya. Dilansir dari cnet.com, panjangnya durasi ini disampaikan langsung oleh Joe Russo selaku sutradara Avengers: Endgame. "Kita masih berada di angka tiga jam," kata Joe Russo.

Hingga saat ini, Avengers: Endgame masih dalam proses editing. Hal ini menjadi dilema tersendiri bagi para sutradara, apakah nantinya durasi film ini akan dipotong lagi atau tetap di angka tiga jam.

Kemungkinan Menyiksa

Judul Avengers 4 dalam trailer Avengers: Endgame. (Marvel Studios)

Anthony Russo, saudara kandung Joe Russo, yang juga sutradara film ini, menyadari bahwa durasi yang panjang ini mungkin akan 'menyiksa' para penonton. Siksaan yang selalu dialami oleh para penonton film bioskop ketika harus menahan rasa ingin ke kamar mandi, namun film masih seru dan sayang kalau ditinggalkan.

Selama proses editing, sebelum rilis, mereka telah mengadakan screening selama empat kali kepada penonton.

Anthony Russo mengatakan bahwa selama pemutaran, dari pertama hingga yang ketiga, sama sekali tidak ada penonton yang berdiri meninggalkan kursi untuk pergi ke kamar kecil. Jika dilihat dari durasi yang cukup lama dan ketahanan para penonton, bisa disimpulkan kalau film ini bakal luar biasa.

Durasi tiga jam ini menjadikan Avengers: Endgame film terpanjang di waralaba Marvel Cinematic Universe, lebih lama 20 menit dari Avengers: Infinity War yang rilis 2018.

Penulis: Dhimas Nugraha/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawasaki Ninja 250SL 2019 Sudah Punya Harga, Pastinya Naik

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kawasaki Ninja 250SL sudah digadang-gadang akan segera keluar. Bahkan sebelumnya PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menantang penggemarnya untuk menebak harga Ninja 250SL Model Year 2019 di media sosial. 

Dan akhirnya KMI mengumumkan harga resmi Kawasaki Ninja 250SL. Namun harga sebesar Rp37,9 juta ini adalah harga promo yang diumumkan melalui youtube berikut grafis baru Ninja 250SL tahun 2019, yang didominasi silver dan hitam.

Meski berubah grafis warna, Kawasaki Ninja 250SL masih tetap mengandalkan mesin 250 cc single silinder dalam rangka teralis. Dalam tayangan tersebut dimunculkan bahwa Ninja 250SL 2019 bertenaga 28 PS/9.700 rpm dan torsi 22,6 Nm/8.200 rpm.

Sebelumnya teaser video Kawasaki Ninja 250SL Model Year 2019 sudah dimunculkan KMI pada awal Februari lalu. Hanya saja KMI belum merilis harga resmi, sehingga membuat rasa penasaran penggemar Ninja.

Saat itu Untuk menggugah rasa penasaran penggemar Kawasaki, pihak KMI memberikan kesempatan konsumen mebak-nebak harga on the road Jabodetabekser Ninja 250SL model 2019 dengan iming-iming hadiah jam tangan Kawasaki Vostok, headset Kawasaki Sennheiser, hingga jaket Kawasaki Taichi.

Peluncuran Ninja 250SL terbaru ini untuk menggantikan model 2018 yang semuanya sudah ludes terjual. "Model Year 2018 sudah sold out!," kata Supervisor Marketing Division KMI, Sucipto Wiyono, seraya menyebut harga jual tersebut diprediksi akan mengangkat volume penjualan Ninja 250SL.

Ninja 250SL model 2018 sempat dipamerkan pada Indonesia Motorcycle Show November tahun lalu. Saat itu bukan cuma harga yang diumumkan menggiurkan Rp 36,8 juta, KMI juga memperkenalkan warna-warna baru Ninja 250SL.

Grafis warna baru Kawasaki Ninja 250SL meliputi merah dan hitam. Terdapat perbedaan grafis pada bagian cowling, memberikan kesan yang menawan. Warna merah terbaru bernuansa marun, membuatnya menjadi terlihat lebih elegan.

Sumber: Otosia.com

Kelakuan Crazy Rich Asian, Bawa Kawasaki Ninja H2 Pakai Alphard

Kawasaki Ninja H2 merupakan salah satu motor andalan yang identik sebagai superbike 1.000cc dengan supercharger. Tidak diproduksi dalan jumlah banyak, motor pabrikan Jepang itu dikenal istimewa.

Memiliki harga Rp 661 Juta, Kawasaki Ninja H2 merupakan salah satu kendaraan roda dua yang dimiliki kaum 'berkantong tebal'.

Perlakuan istimewa ternyata juga ditunjukkan pemilik Ninja H2, salah satu yang sedang viral ialah membawa motor tersebut dengan menggunakan mobil mewah, Toyota Alphard.

Seperti diunggah akun Instagram @kawasaki.life, Minggu (27/01/19), terlihat kursi-kursi mobil harus dilipat agat Kawasaki H2 yang merupakan motor gede bisa masuk ke dalamnya.

Tak ada keterangan resmi terkait alasan pemilik memilih menggunakan MPV premium tersebut dibandingkan mobil towing pada umumnya.

"Sultan maaaah bebas .Kawasaki H2 Super Charged Mau di naikin apa mau di masukin Toyota Alphard bebaaaas... yekaaaaan." tulis dalam keterangan video.

Kawasaki Ninja H2 naik Toyota Alphard (@kawasaki.life/Instagram)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Viral Bocah Bikin Tutorial Alis Pakai Sendok

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengaplikasikan alis bisa menjadi hal yang sulit bagi sebagian wanita. Pasalnya dibutuhkan ketelitian untuk membuat alisnya yang bagus. Ada begitu banyak video tutorial alis yang dibuat oleh para beauty vlogger maupun pengguna Instagram biasa.

Artikel tentang bocah yang membikin tutorial alis menggunakan sendok terpopuler di kanal Citizen6 Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni potret lucu bayi mirip artis terkenal.

Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai kepribadian wanita berdasarkan golongan darahnya.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bikin Tutorial Pakai Alis Menggunakan Sendok, Bocah Ini Jadi Viral

tutorial alis pakai sendok (foto: Instagram/@naylaqatrunnada_)

Baru-baru ini sedang viral sebuah video tutorial alis yang dilakukan oleh seorang anak perempuan. Yang membuat video ini mencuri perhatian warganet ialah caranya mengaplikasikan alis dengan unik. Bagaimana tidak, gadis bernama Nayla Qatrunnada ini membuat alis dengan menggunakan sendok.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

2. Potret Lucu Bayi Mirip Artis Terkenal, Kok Bisa Ya?

sumber: brightside.me

Beberapa bayi ini tak membuat kita gemas lantaran tingkahnya yang lucu, tapi lantaran wajahnya yang mirip dengan para artis Hollywood terkenal. Ya, siapa yang akan menyangka jika ada beberapa wanita yang akan melahirkan anak yang ternyata mirip Artis Hollywood terkenal.

Selengkapnya... 

3. Intip Kepribadian Wanita Berdasarkan Golongan Darahnya, Kamu yang Mana?

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Bukanlah hal yang mudah untuk mengetahui kepribadian seorang wanita terutama yang baru kita kenal. Nyatanya ada banyak hal yang bisa membantu kalian menebak seperti apa kepribadian seorang wanita.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghitung IPK dengan Mudah, Bisa Kamu Praktikkan Sendiri

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Buat kamu yang baru saja merasakan duduk di bangku perkuliahan, banyak hal berbeda yang kamu rasakan di sini. Benar saja, bahwa memang di dunia perkuliahan hampir semuanya berbeda dengan masa sekolah. Termasuk pada sistem penilaian di perkuliahan yang berbeda dengan di sekolah.

Kalau di sekolah, nilai siswa akan dirangkum menjadi satu ke dalam rapor, yang angkanya berkisar antara 0 sampai 100. Nilai rapor tersebut merupakan rangkuman dari kehadiran di kelas, nilai tugas, dan nilai ujian siswa.

Sedangkan di perguruan tinggi, nilai mahasiswa juga akan dirangkum. Namun tak ditampilkan dalam buku rapor, melainkan dirangkum ke dalam bentuk Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPK merupakan hasil dari pengolahan hasil test. Tingkat keberhasilan mahasiswa pada akhir keseluruhan program pembelajaran yang merupakan rata-rata tetimbang dari seluruh mata kuliah yang telah ditempuh.

Penghitungan IPK yaitu dengan menggabungkan semua mata kuliah yang telah ditempuh sampai suatu semester tertentu. Pada perhitungan IPK angkanya berkisar 0 (E, gagal) hingga 4(A, terbaik).

Angka kredit ditentukan besarannya, biasanya 1 sampai 4 Satuan Kredit Semester atau SKS) berdasarkan bobot setiap mata kuliah. Bobot mata kuliah ditentukan berdasarkan pentingnya mata kuliah tersebut dalam membentuk kompetensi lulusan.

Untuk pembahasan lebih jauh dan detailnya, Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, membahas terkait IPK ini. Berikut ini, telah dirangkum hal-hal apa saja yang patut kamu ketahui sebagai mahasiswa baru dalam proses penilaian di dunia perkuliahan.

 

Mengenal IP dan IPK

Di bangku perkuliahan pasti kamu akan sering mendengar tentang IP dan IPK. Apasih sebenarnya IP dan IPK ini? Untuk IP merupakan singkatan dari Indeks Prestasi dari mahasiswa yang diterima setiap satu semester sekali. Biasanya IP dikeluarkan sebagai petunjuk sejauh mana prestasi kamu yang telah dipenuhi selama menempuh mata kuliah. Bisa dibilang IP adalah nilai rapor.

Sedangkan IPK kepanjangan dari Indeks Prestasi Kumulatif yang diterima mahasiswa setiap satu semester juga. Namun bedanya IPK ini merupakan nilai akhir atau akumulasi akhir yang menjadi tolak ukur nilai dalam kelulusan.

Singkatnya, IP adalah nilai yang diterima mahasiswa dalam setiap semesternya. Sedangkan IPK adalah nilai yang diterima mahasiswa dalam akumulasinya. Misalnya saja Heri pada semester pertama kuliah mendapatkan IP 3,40 dan semester kedua mendapatkan IP sebesar 3,50. Maka dari sini IPK Heri dalam satu semester tersebt 3,45.

Penjelasan Tentang Satuan Kredit Semester atau SKS

Salah satu hal yang melibatkan penghitungan IPK adalah SKS. Mudahnya, SKS adalah jam pelajaran. Misalnya, mata kuliah Pancasila adalah 2 SKS, maka artinya kamu akan belajar mata kuliah Pancasila selama 2 jam pelajaran dalam satu minggu.

Umumnya, satu jamnya itu selama 45 menit dan SKS ini menjadi atribut dalam cara menghitung IPK.

Cara Menghitung IP

Untuk menghitung IP dan IPK, setidaknya ada rumus dasar yang harus dipenuhi oleh mahasiswa. Diantaranya kamu harus paham dengan bobot nilai di setiap SKSnya. Sederhananya, nilai SKS diperlukan guna dibagi antara nilai total dan jumlah total SKS.

Sebelumnya, kamu harus tahu terlebih dahulu perwakilan angka dari nilai huruf yang kamu dapatkan seperti berikut:

Nilai A = 4

Nilai B = 3

Nilai C = 2

Nilai D = 1 (tidak lulus)

Nilai E atau F = 0 (tidak lulus)

Setelah itu, kamu harus mengetahui rumus menghitung mutu sebuah mata kuliah, yaitu SKS x nilai mata kuliah.

Misalnya, SKS mata kuliah Bahasa Indonesia adalah 3. Lalu kamu mendapatkan nilai untuk mata kuliah tersebut. Maka mutu mata kuliah Bahasa Indonesia kamu adalah 3 (karena jumlah SKS-nya 3) dikali 3 (karena nilai B = 3).

Jadi, nilai IP kamu untuk mata kuliah Bahasa Indonesia untuk semester itu adalah 3 x 3 = 9.

Lalu, kamu harus tahu juga tentang rumus menghitung Indeks Prestasi per semester, yaitu total mutu dibagi total SKS.

Misalnya, dalam satu semester kamu mengambil 5 mata kuliah, dan nilai akhir kamu seperti berikut:

Mata kuliah a, SKS 3: A. Berarti mutunya 12.

Mata kuliah b, SKS 2: B. Berarti mutunya 6.

Mata kuliah c, SKS 4: A. Berarti mutunya 16.

Mata kuliah d, SKS 3: C. Berarti mutunya 6.

Mata kuliah e, SKS 2: B. Berarti mutunya 6.

Sehingga total mutunya adalah 46 dan total SKSnya adalah 14. Berarti IP kamu untuk semester tersebut adalah 46 dibagi 14 = 3.28.

Cara Menghitung IPK

Nah, setelah kamu mengetahui semuanya, selanjutnya kamu sudah bisa menghitung IPK. Ini cara menghitung IPK alias nilai prestasi secara keseluruhan selama kamu berkuliah.

- Semua nilai jumlah mutu di setiap mata kuliah yang kamu ambil dalam satu semester dijumlahkan. Mulai dari semester pertama hingga semester terakhir.

- Setelah itu bagi jumlah mutu tersebut dengan jumlah SKS semua mata kuliahnya.

Contohnya,

- Jumlah mutu IP semester 1 adalah 41

- SKS yang kamu ambil di semester 1 adalah 12

Lalu,

- Jumlah mutu IP semester 2 adalah 38

- SKS yang kamu ambil di semester 2 adalah 12

Maka IPK kamu adalah (41 + 38) : (12+12) = 3,29

Atau kamu bisa juga menggunakan cara menghitung IPK paling cepat dengan menjumlahkan semua nilai IP dari semester satu hingga semester akhir. Kemudian jumlah nilai IP tersebut dibagi dengan jumlah IP.

Contohnya,

Nilai IP semester 1 = 3.30

Nilai IP semester 2 = 3.12

Nilai IP semester 3 = 3.16

Nilai IP semester 4 = 2.08

Nilai IP semester 5 = 3.20

Nilai IP semester 6 = 2.96

Nilai IP semester 7 = 2.88

Nilai IP semester 8 = 3.50

IPK = 3,4 + 3,6 + 3,2 + 2,6 + 3,2 + 3 + 2,8 + 3,6= 25,4 : 8 = 3,175 maka nilai IPK nya adalah 3,175.

Nah, standar IP atau IPK yang baik biasanya adalah tiga ke atas. Jadi kalau kamu ingin memiliki prestasi akademis yang baik, maka kamu perlu usahakan untuk mendapatkan IP minimal tiga ke atas terus. Jika IPK berhasil mencapai di atas 3.5 maka kamu termasuk mahasiswa yang bisa lulus dengan gelar cumlaude.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo: Akhir 2019 Bakal Ada Sekolah Pencetak Talenta Digital di Tangerang

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tangerang - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menargetkan pada akhir 2019 terdapat sekolah yang akan membantu pemerintah mengejar target penyediaan sumber daya manusia, khususnya yang ahli pada bilang ekonomi digital.

"Nantinya ada sekolah yang dihadirkan untuk pelatihan sumber daya manusia menjadi talenta digital. Selabusnya ini dari Prancis," katanya saat menghadiri Retrospektif Binar Community, ICE BSD, Tangerang, Sabtu (16/3/2019).

Menurutnya, dengan hal ini pemerintah dapat segera memenuhi target talenta digital sebanyak 20 ribu talenta yang ahli dalam bidang teknisi untuk tahun 2030.

"Sekarang baru ada 600 ribu dan kalau makin banyak tempat pelatihan, tentunya kita dapat segera memenuhi target sehingga bisa mewujudkan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital se-Asean," tuturnya.

Terkait dengan lokasi sekolah tersebut, pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemilik lahan Sinar Mas Land.

"Di sini rencana besarnya itu kan akan ada Digital Hub, makanya sudah banyak perusahaan teknologi digital yang bergabung. Besar kemungkinan juga akan di sini," tuturnya.

 

Apple dan Huawei Akan Bergabung

Menkominfo Rudiantara saat menghadiri Retrospektif Binar Community, ICE BSD, Tangerang, Sabtu (16/3/2019). Liputan6.com/Pramita Tristiawati

Seperti Binar Academy, Technopolitan, Apple Developer Academy, dan lainnya, perusahaan besar seperti Sale Stok, Huawei, Ev Have, Orami dan Grab Innovation and Engineering Lab juga akan bergabung.

"Maka kalau semua sudah berada dalam satu kawasan, bisa jadi Silicon Valley berada di sini," ucap Rudiantara.

(Pramita Tristiawati/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PPP Bantah Kadernya Jadi Korban Helikopter Jatuh di Tasikmalaya

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Sebuah helikopter yang mengangkut empat orang jatuh di kawasan kebun Kampung Peuteuy, Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/3/2019) sekitar pukul 15.00 WIB tadi. Empat penumpang Helikopter BO-105 PK EAH itu berhasil dievakuasi dan dinyatakan selamat.

Menurut pemberitaan sejumlah media massa, kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Nurhayati disebut turut menjadi korban kecelakaan helikopter tersebut. Namun hal itu dibantah oleh Dewan Pengurus Wilayah PPP Jawa Barat.

Menurut pengurus wilayah partai berlambang ka'bah itu, tidak ada calon anggota legislatif (caleg) dari partainya turut menjadi korban jatuhnya helikopter di Tasikmalaya.

"Tidak betul. Itu sudah saya komfirmasi Ibu Nurhayati tidak ada dalam helikopter tersebut," kata Sekretaris DPW PPP Jawa Barat Pepep Saeful Hidayat saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, Nurhayati tidak ikut dalam rombongan helikopter yang disewa tersebut.

"Memang dari awal tidak naik. Beliau lagi ada kegiatan di Tasikmalaya," katanya. Saat ini, kata Pepep, Nurhayati dalam keadaan baik-baik saja.

Diberitakan sebelumnya, empat penumpang helikopter yang jatuh di kawasan perkebunan Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (16/3) sore, selamat, seluruh korban berhasil dievakuasi dan mendapatkan penanganan medis di rumah sakit.

Juru Bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor mengatakan, tim bersama petugas gabungan lainnya telah berhasil mengevakuasi korban, dan dipastikan kondisinya selamat.

"Puji syukur korban selamat," kata Joshua.

Ia mengatakan, helikopter BO-105 PK EAH yang ditumpangi empat orang itu jatuh di kawasan kebun Kampung Peuteuy, Desa Jayaratu, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, sekitar pukul 15.00 WIB.

Helikopter milik PT Air Transport Services itu dilaporkan terjatuh saat melintasi kawasan Kabupaten Tasikmalaya rute Kawalu-Wanaraja. "Ini merupakan kecelakaan pesawat yang mana ingin melakukan pendaratan darurat," kata Joshua.

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polusi Udara Dua Kali Lipat Lebih Mematikan Ketimbang Rokok

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polusi udara menyebabkan kematian lebih banyak daripada rokok. Setidaknya, angkanya hampir dua kali lipat dari jumlah kematian sebelumnya.

Temuan ini diungkap dalam European Heart Journal pada Selasa lalu. Para ilmuwan menemukan bahwa 8,8 juta orang meninggal akibat polusi udara di 2015 meskipun perkiraan sebelumnya memproyeksikan 4,5 juta kematian.

"Ini berarti polusi udara menyebabkan lebih banyak kematian tambahan dalam setahun daripada merokok tembakau, seperti yang diperkirakan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) bertanggung jawab atas 7,2 juta kematian tambahan di 2015," kata rekan penulis studi profesor Thomas Münzel dari Departemen Kardiologi University Medical Centre Mainz seperti dikutip dari New York Post pada Sabtu (16/3/2019).

"Merokok bisa dihindari tetapi polusi udara tidak," kata Münzel menambahkan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Penyakit akibat polusi udara

Sejumlah warga mengenakan masker wajah berjalan menyusuri jalan pada hari yang tercemar polusi di Beijing, China (2/4). (AFP Photo/Fred Dufour)

Münzel mengatakan, jumlah kematian akibat penyakit kardiovaskular yang terkait dengan polusi udara saat ini jauh lebih tinggi daripada yang diperkirakan. Di Eropa misalnya, jumlah kematian hampir 800 ribu per tahun dan masing-masing kematian ini mewakili berkurangnya rata-rata harapan hidup lebih dari dua tahun.

Sudah jelas bahwa ada kaitan antara polusi udara dengan penyakit kardiovaskular dan pernapasan. Münzel menambahkan, kualitas udara yang buruk meningkatkan stres oksidatif dan merusak pembuluh darah. Kondisi tersebut berujung pada peningkatan tekanan darah, diabetes, stroke, serangan dan gagal jantung.

Dalam studi ini, para peneliti menggunakan model yang mensimulasikan proses kimia atmosfer, serta bagaimana mereka berinteraksi dengan sumber-sumber alami dan buatan manusia seperti pembangkit energi, industri, lalu lintas, serta pertanian.

Data dari model tersebut diterapkan dalam model lain dalam tingkat paparan global serta kematian. Mereka kemudian membandingkannya dengan informasi tentang kepadatan populasi, lokasi geografis, usia, faktor risiko beberapa penyakit, serta penyebab kematian dari WHO. Fokus dalam studi ini dikhususkan pada tingkat partikel halus di udara dan ozon.

Tidak hanya secara global, para peneliti juga melihat secara khusus negara-negara di Eropa dan 28 negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Hasilnya, ditemukan 120 kematian tambahan setiap tahun per 100 ribu orang akibat polusi udara secara dunia.

Penelitian ini menjadi sebuah desakan bagi pemerintah dunia, untuk bekerja mengurangi polusi udara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Manisnya Lamaran Pasangan Lansia Ini Usai 63 Tahun Bersama

Posted: 16 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang kakek melamar istrinya secara romantis untuk kedua kalinya. Pasangan ini diketahui telah menikah selama lebih dari 63 tahun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Juventus Kagumi Kerja Keras Ronaldo

Posted: 16 Mar 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Turin- Gelandang Juventus, Blaise Matuidi tak bisa sembunyikan kekagumannya dengan kehebatan Cristiano Ronaldo. Terlebih, dia memuji sikap Ronaldo yang suka kerja keras untuk mendapatkan prestasi bagus.

Dia mengaku kagum dengan kerja keras dan dedikasi Cristiano Ronaldo di sesi latihan. Musim 2018/19 ini merupakan musim pertama Ronaldo bersama Juventus, dan sejauh ini dia sudah membuktikan kemampuannya sebagai pemain terbaik di dunia.

Tengah pekan ini, Ronaldo menyelamatkan Juventus pada laga penting di 16 besar Liga Champions. Dia mencetak hattrick kala Juve menjamu Atletico pada leg kedua 16 besar dan mengantarkan Juve ke perempat final dengan agregat 3-2.

Meski sudah berusia 34 tahun, Ronaldo tampak belum habis. Dia masih rajin mencetak gol dan sejauh ini masih memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Serie a.

Matuidi meyakini hal itu tak terlepas dari latihan keras Ronaldo.

 

 

Pemain Luar Biasa

2. Cristiano Ronaldo (Juventus) - 19 gol dan 8 assist (AFP/Marco Bertorello)

Menurut Matuidi, pemain seperti Ronaldo adalah pemain luar biasa yang memang lebih istimewa dari pemain-pemain lain. Juve sangat bahagia bisa memiliki pemain seperti Ronaldo yang penampilannya membantu tim untuk jadi lebih baik.

"Kami gembira dengan apa yang dia [Ronaldo] perbuat, kami menikmati kesempatan bermain bersama dia dan berharap dia bisa terus melaju sebaik ini," kata Matuidi di Football Italia.

"Dia memberikan performa luar biasa melawan Atletico, tetapi saya pikir dia sudah menunjukkan betapa istimewanya dia di sesi latihan setiap hari."

Selalu Mengejutkan

Latihan keras Ronaldo memang sudah menjadi rahasia umum. Dia adalah pemain pertama yang tiba di sesi latihan dan pemain terakhir yang meninggalkan latihan. Kerja keras seperti ini tidak banyak dimiliki pemain-pemain lain.

"[Latihan keras Ronaldo] selalu mengejutkan saya setiap hari, sebab dia bekerja jauh lebih keras dari siapa pun, dan saya pikir itulah yang jadi pembeda."

"Pada akhirnya, itu membuat anda berpikir bahwa dia memang bekerja keras untuk mencapai puncak seperti sekarang," katanya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Prabowo di Depan Warga Banten Jika Terpilih Sebagai Presiden

Posted: 16 Mar 2019 08:51 PM PDT

Liputan6.com, Serang - Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto menyambangi Kota Serang. Banten. Di depan pendukungnya dia mengaku akan menurunkan harga listrik dan sembako menjadi lebih murah dibandingkan saat ini.

"Saya sudah kumpulkan pakar, mereka bilang kita mampu turunkan harga. Pakar-pakar itu mengatakan kita bisa turunkan harga listrik dan mereka sudah jelaskan caranya bagaimana," kata Prabowo Subianto dalam pidatonya di rumah aspirasi Desmon J Mahesa, di Kota Serang, Banten, Sabtu 16 Maret 2019.

Jika terpilih sebagai Presiden, Prabowo berjanji akan memilih menterinya yang tidak akan melakukan korupsi. Dia pun berjanji akan menggunakan kekayaan alam Indonesia, untuk kemakmuran rakyat Indonesia.

"Saya akan memilih putra dan putri terbaik bangsa Indonesia, dengan catatan mereka benar-benar handal, tapi juga mereka cerdas dan hatinya bersih," ujar dia.

Mantan Danjen Kopassus ini meminta pendukungnya untuk tertib, menjaga keamanan, dan menggunakan hak suaranya pada 17 April 2019.

"Usai membela rakyat saya, saya siap dipanggil Allah SWT, maka saya akan pergi dengan senyum, karena bangga membela rakyat saya," ucap Prabowo.

 

Tak Percaya Lembaga Survei

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto optimistis memenangi pilpres bersama Sandiaga Uno, pada 17 April 2019. Dia pun tak yakin dengan hasil survei yang menyatakan Prabowo-Sandiaga Uno kalah suara dibandingkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kalah begini rasanya, Banten oke juga ini. Saudara-saudara percaya enggak hasil survei di Jakarta," kata Prabowo, dalam pidatonya di Kecamatan Cipocok, Kota Serang, Banten, Sabtu (16/03/2019).

Prabowo pun meminta pendukungnya, untuk mengawal Pemilu 2019 di setiap TPS agar tidak terjadi kecurangan dan pencoblosan dan perhitungan suara. Dia meminta pendukungnya meyakinkan masyarakat untuk memilih Prabowo-Sandi, pada 17 April 2019.

"Saya minta pulang dari sini bekerja keras, yakinkan kerabatmu, saudaramu, tetanggamu, besanmu, iparmu, mantan istrimu, mantumu. Hai pemuda, yakinkan mertuamu, yakinkan pacarmu," ucap Prabowo.

Prabowo menambahkan, jika ada orang yang membagikan sembako dan uang sebelum pencoblosan, Prabowo meminta pendukungnya mengambilnya saja. Namun, tetap memilih Paslon 02.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rhenald Kasali: Banyak yang Salah Paham Soal Kartu Prakerja

Posted: 16 Mar 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menyatakan bahwa masih ada orang yang tidak bisa ikut berkembang mengikuti era baru. Akibatnya, terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan kebijakan-kebijakan baru pemerintah.

Rhenald menjelaskan, orang-orang tersebut memberikan pandangan yang salah dan tidak bisa mengikuti praktik ekonomi baru yang justru tengah menjadi tren dunia. Praktik ekonomi baru tersebut dijalankan kaum muda dengan prinsip kewirausahaan sosial. 

Dengan kesalahpahaman, akhirnya tak sedikit dari mereka yang mengajak keluar dari ekonomi Pancasila dengan pemikiran-pemikiran neolib populisme.

Ia pun mencontohkan kritik tajam terhadap program-program jaminan sosial (Jokowicare) mulai dari JKN-BPJS, KIP dan terakhir Kartu Prakerja.

"Kartu Prakerja sebenarnya adalah jaminan sosial yang penting untuk menjawab tantangan disrupsi, menyusul berubahnya The Future of Work sejalan dengan munculnya dunia digital," Jelas dia dikutip pada Minggu (17/3/2019).

Kartu Prakerja sebenarnya cukup bagus untuk bridging bagi pencari kerja, namun tidak disukai kaum liberal.

Dari pemikiran-pemikirannya, kemungkinan pengkritik lebih suka agar negara memberi insentif pada korporasi agar korporasi bisa kembali meraih untung dalam era disrupsi yang kompetitif.

Menurut Rhenald, cara pandang ini sebenarnya secara implisit mencerminkan logika kapitalisme yang bisa mengantarkan pada ketimpangan sosial dan bencana krisis ekonom seperti yabg terjadi di Indonesia 1998 dan di Amerika Serikat pada tahun 2008.

Kartu Prakerja Jangan Terlalu Membebani APBN

Calon Presiden petahana Joko Widodo saat memberikan pidato politiknya pada acara Festival Satu Indonesia di Istora, Senayan, Jakarta, Minggu (10/3). Pada pidatonya Jokowi mengenalkan kartu prakerja bila terpilih. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Rencana peluncuran Kartu Prakerja yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat terpilih kembali di periode kedua pemerintahan, 2019-2024 mendatang membuktikan bahwa Indonesia bukanlah negara kapitalis yang tak peduli pada kesejahteraan warga.

Kartu yang diberikan kepada pencari kerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling, up-skilling, dan re-skilling) dianggap bagus sebagai bridging bagi pencari kerja awal maupun mereka yang terkena ancaman PHK, atau juga tenaga kerja yang terganggu peristiwa digital disruption yang marak dalam lima tahun belakangan ini.

"Hanya pemerintahan yang berjiwa sosial dan pro tenaga kerja yang punya inisiatif memberi insentif pada kaum muda dan pekerja untuk bisa mendapat jaminan kesejahteraan lebih baik, sekaligus kesempatan untuk kembali bekerja," ujar Rhenald Kasali, Guru Besar bidang Ilmu Manajeman Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

"Kaum liberal biasanya tak setuju dengan gagasan ini. Mereka lebih senang memberi insentif pada industri. Bukan pada pekerja," tambah dia. 

Dikarenakan manfaat yang besar dari kartu tersebut, yakni para pekerja bisa melakukan upgrade skill, sementara sebagian biaya hidupnya terpenuhi dengan Kartu Prakerja ini, maka Rhenald menyarankan agar dibuat road map yang disusun oleh Kementerian Tenaga Kerja.

"Roadmap itu harus mendefinisikan siapa yang berhak menerima jaminan sosial ini, bagaimana bentuknya, dan lama bantuan. Lalu mengenai perencanaan pembiayaan, transformasi balai-balai latihan kerja, kemudian sertifikasi profesi, serta keterlibatan perusahaan swasta untuk melatih ulang," tambah Rhenald.

Tak kalah penting agar kartu prakerja bisa berjalan efektif sehingga tidak terlalu membebani APBN, yakni perlu dilakukan pembinaan pada kaum muda agar lebih siap memasuki dunia kerja, mendatangkan investor baru, dan menyiapkan para tenaga kerja muda untuk menjadi pelaku ekonomi kreatif yang mandiri (start up).

"Ibaratnya, kita tetap memberikan pancing dan kail, namun lebih upgrade. Selain itu mekanismenya diatur dengan berdasarkan empat prinsip, yakni transparan sehingga mencapai sasaran, tetap mengutamakan kemandirian, membenahi skill sehingga tidak memulai dari nol, serta memiliki batas waktu agar yang menggunakan bisa lebih banyak," ungkapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mengecek Kiriman Pos Sudah Sampai atau Belum, Mudah Bisa Online

Posted: 16 Mar 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam kegiatan sehari-hari Anda pasti sudah tak asing dengan istilah Pos. Pos merupakan sebuah metode yang digunakan untuk mengirimkan informasi atau objek. Biasanya di mana dokumen tertulis dikirimkan dengan amplop tertutup sedangkan barang atau objek dikirimkan berupa paket. Pengiriman mampu menjangkau seluruh wilayah di dunia.

Indonesia sendiri memiliki Pos Indonesia sebagai penyedia jasa Pos. Pos Indonesia merupakan badan usaha milik negara (BUMN) yang khusus bergerak pada layanan Pos. Pos Indonesia berdiri 26 Agustus 1746 yang berarti saat ini usianya sudah mencapai 272 tahun, lho.

Meski bisnis pengiriman surat sempat meredup pada awal 2000-an karena invasi pesan singkat dan email. Pos Indonesia masih tetap bertahan dengan inovasi pada layanannya. Salah satu layanan yang masih menjadi favorit masyarakat adalah pengiriman dokumen dan paket. Selain tarifnya yang cukup terjangkau dibanding dengan jasa kurir lain, jasa yang ditawarkan Pos Indonesia sudah terpercaya puluhan tahun lamanya.

Dengan teknologi yang semakin berkembang, Pos Indonesia juga semakin meningkatkan layanannya. Hal ini juga termasuk saat konsumen ingin mengetahui cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum.

Tak perlu repot harus mendatangi kantor Pos untuk mengecek status pengiriman Pos. saat ini konsumen sudah dapat menggunakan cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum secara online.

Berikut cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Minggu (17/3/2019).

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum: Ketahui Nomor Pengiriman

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum adalah memiliki nomor barcode/pengiriman. Setelah melakukan pengiriman dokumen atau paket di kantor Pos, Anda akan mendapatkan bukti pengiriman berupa kertas yang berisi informasi detail pengiriman atau yang biasa disebut bukti resi.

Bukti resi ini merupakan bukti resmi yang menandakan bahwa Anda telah melakukan pengiriman. Pada bagian kanan atas terdapan nomor barcode atau biasanya juga tertulis nomor kiriman.

Nomor barcode/kiriman ini berupa kombinasi angka yang dapat digunakan untuk mengecek kiriman Pos. catat atau simpan nomor barcode tersebut untuk mengecek kiriman Pos.

 

Cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum: buka laman Pos

Seteleh mendapatkan nomor barcode/kiriman buka laman resmi Pos Indonesia Posindonesia.co.id. pada bagian kiri atas akan terdapat panel lacak kiriman.

Disitu Anda akan diminta untuk mengisi nomor barcode/kiriman yang Anda miliki dan kode keamanan yang sudah tersedia. Kemudian klik cari kiriman.

Setelah itu Anda akan mendapatkan informasi mengenai status kiriman paket atau dokumen yang Anda kirim.

 

Arti Status Pengiriman Pos

Setelah mengetahui cara mengecek kiriman Pos sudah sampai atau belum, Anda akan menemui status pengiriman saat melakukan pelacakan. Status pengiriman pada pelacakan paket berguna untuk memberi informasi pengeceknya mengenai keberadaan paket. Ada beberapa status pengiriman Pos yang sering ditemui diantaranya adalah

1. Posting loket

Artinya kiriman sudah diterima di loket dan akan segera diproses pada pengiriman ke tempat tujuan.

2. Manifest terima

Kiriman sudah di terima pada suatu bagian dari Kantor Pos yang bertugas menyalurkan Kiriman Pos untuk di lanjukan ke Proses selanjutnya.

3. Manifest serah

Kiriman sedang diteruskan atau dalam proses diantar ke cabang kantor Pos tujuan.

4. Proses antar

Kiriman sedang dibawa kurir untuk diteruskan pada penerima

5. Selesai antar

Paket telah serahkan kuri pada penerima, dan pengiriman telah sukses.

6. Gagal Antar

Artinya kiriman gagal diantar pada hari tersebut dan akan dikirim keesokan harinya. Gagal antar dapat terjadi jika kurir tidak dapat menemukan alamat tujuan, penerima tidak ada di tempat, atau terdapat masalah di perjalanan.

7. Antar ulang

Antar ulang berarti kiriman yang gagal diantar akan diantar kembali keesokan harinya.

Kelebihan Menggunakan Pos Indonesia

Sebenarnya banyak jasa kurir atau ekspedisi yang beroperasi di Indonesia. Jasa pengiriman memang masih banyak diminati karena memudahkan masyarakat untuk berkirim paket. Apa lagi didukung dengan aktivitas jual beli online yang semakin menjamur.

Terlepas dari banyaknya jasa ekspedisi di Indonesia, Pos Indonesia rupanya tak mau kalah saing. Pos Indonesia menawarkan kelebihan pada layanan-layanannya. Berikut kelebihan yang dimiliki Pos Indonesia:

1. Terpercaya sejak dulu

Pos Indonesia telah ada sejak zaman penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1746. Melihat sepak terjang Pos Indonesia yang sudah lebih dari 200 tahun, membuat banyak orang tak meragukan lagi pelayanan dari Pos Indonesia.

2. Standar harga pengiriman yang jelas

PT Pos Indonesia memiliki standar harga pengiriman yang jelas untuk setiap daerah. Masyarakat dapat melihat langsung tarif pengiriman Pos sesuai daerah tujuan di laman Pos Indonesia. Tarif pengiriman juga disesuaikan dengan jarak dan jenis layanan yang dipilih.

3. Cepat dan aman

Pengiriman oleh Pos Indonesia dilakukan setiap hari dari ke seluruh wilayah di Tanah Air. Hal ini tentu membuat proses pengiriman menjadi lebih cepat.

Selain itu salah satu layanan yang diberikan oleh Pos Indonesia untuk menjamin keamanan barang kiriman adalah dengan menyediakan fasilitas cek kiriman secara online.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FBI Siaga Usai Penembakan di Masjid Selandia Baru, Cegah Aksi Serupa di AS?

Posted: 16 Mar 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Biro Investigasi Federal Amerika Serikat baru-baru ini dilaporkan tengah meninjau kembali basis data dan informan intelijennya. Hal itu dilakukan sebagai langkah pencegahan atas potensi kekerasan di Negeri Paman Sam yang terinspirasi teror penembakan di masjid Selandia Baru pada 15 Maret 2019.

Menurut laporan CNN seperti dikutip dari TVNZ.co.nz, Minggu (17/3/2019), sejak 15 Maret 2019, FBI telah meminta semua kantor cabangnya di seluruh negara bagian AS untuk "meninjau kembali dokumen kasus dan me-manajemen kembali subjek individu atau kelompok yang mungkin telah menyatakan minatnya untuk menyerang institusi keagamaan" pasca-penembakan di Selandia Baru.

Otoritas penegak hukum tertinggi AS itu "juga menugaskan agen di kantor cabang untuk menghubungi informan mereka untuk memperoleh informasi terkait potensi serangan serupa di Amerika."

"Situasi saat ini di Christchurch sedang dipantau, dan FBI sedang terlibat dengan polisi setempat pada saat ini," sumber CNN melaporkan.

Seorang tersangka penembakan di Christchurch a.n. Brenton Harrison Tarrant, warga negara Australia, telah dituntut di Pengadilan Distrik Christchurch, Selandia Baru, atas tuduhan pembunuhan.

Tarrant diketahui berpemahaman "eksremis sayap kanan" namun tidak masuk dalam daftar teroris pemerintah Selandia Baru.

Pasca-kejadian itu, otoritas penegak hukum di Negeri Kiwi telah meminta warga untuk waspada dan melaporkan segala hal yang berkaitan dengan potensi aksi kekerasan lanjutan pasca-penembakan di Christchurch.

Sementara itu, Perdana Menteri Jacinda Ardern mengatakan bahwa pemerintahannya akan mengkaji kembali undang-undang regulasi senjata api di negaranya.

 

Simak video pilihan berikut:

Korban Tewas Mencapai 50 Orang

Wajah Brenton Tarrant terduga pelaku penambakan di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Warga Australia berusia 28 tahun tersebut melepaskan tembakan secara brutal ke dua masjid di Christchurch. (AP Photo)

Lima puluh orang terbunuh dan 50 lainnya terluka dalam teror penembakan masjid di Selandia Baru, tepatnya di Christchurch pada 15 Maret 2019 lalu, kata polisi dalam sebuah pernyataan terbaru pada Minggu 17 Maret 2019 waktu lokal.

Sebelumnya, jumlah korban tewas disebut berjumlah 49 orang dalam insiden yang melanda dua masjid, Masjid Al Noor dan Linwood Islamic Centre.

Seorang pengungsi Suriah dan putra-putranya yang masih remaja, seorang akademisi Pakistan, dan seorang siswa Seorang pengungsi Suriah dan putra-putranya yang masih remaja, seorang akademisi Pakistan, dan seorang siswa adalah di antara para korban serangan hari Jumat, pembantaian terbesar dalam sejarah modern Selandia Baru, demikian seperti dikutip dari CNN, Minggu (17/3/2019).

Satu warga negara Indonesia, Lilik Abdul Hamid, yang sebelumnya dilaporkan hilang saat ini telah dikonfirmasi menjadi salah satu korban meninggal dunia dalam peristiwa penembakan di Christchurch.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ribuan Lilin Dipajang pada Festival Cahaya Cittadella

Posted: 16 Mar 2019 08:37 PM PDT

Pengunjung memotret pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung memotret pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung melihat pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung melihat pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung melihat pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung melihat pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung melihat pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Pengunjung melihat pajangan lilin selama Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Seorang wanita menggendong anak yang sedang tidur pada Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

Seorang wanita menggendong anak yang sedang tidur pada Festival Cahaya Cittadella, di Benteng abad pertengahan di Victoria, Pulau Gozo, Malta, (16/3). Sekitar 30 ribu lilin bertebaran di Victoria. (REUTERS / Darrin Zammit Lupi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Bali United Vs Timnas Indonesia U-23: Tes Akhir Jelang Piala Asia

Posted: 16 Mar 2019 08:35 PM PDT

Jakarta - Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani tes terakhir jelang mengikuti Piala Asia U-23. Timnas Indonesia U-23 bakal menghadapi Bali United pada laga uji coba di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (17/3/2019) sore WIB.

Pasukan Indra Sjafri tak memiliki banyak waktu persiapan jelang tampil di Kualifikasi Piala AFC U-23 2020. Mayoritas pemain baru datang secara berangsur pada 4 Maret dan beberapa hari jelang pertandingan persahabatan. 

Pada uji coba yang pertama, Timnas Indonesia U-23 hanya membukukan hasil 2-2 melawan Semen Padang. Hasil itu memunculkan keraguan terhadap kualitas dari pasukan Garuda Muda.

Namun, hasil uji coba tentu saja bukan tolok ukur mutlak. Ketika persiapan Piala AFF U-22 2019, pasukan Indra Sjafri tak pernah menang dalam tiga laga uji coba dan akhirnya menjadi juara.

Berkaca pada materi pemain yang ada, Timnas Indonesia U-23 mendapatkan tambahan amunisi. Indra Sjafri punya beberapa opsi tambahan yang tak didapatnya ketika berlaga di Piala AFF U-22 2019.

Ada beberapa wajah baru, yaitu Febby Eka Putra, Mahir Radja Djamaoedin, TM Ichsan dan Kadek Raditya yang dipadukan dengan tiga pemain populer semisal Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Ezra Walian.

Pilih Pemain

Para pemain Timnas Indonesia U-23 berlari saat latihan di Lapangan ABC, Jakarta, Kamis (14/3). Latihan ini merupakan persiapan jelang Kualifikasi Piala AFC U-23. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Meski demikian, Indra Sjafri menegaskan hasil bukan target utama dalam uji coba tersebut. Laga uji coba kontra Bali United akan dijadikan Indra Sjafri sebagai ajang pemantapan tim dan memilih 23 pemain yang akan diboyong ke Kualifikasi Piala AFC U-23 2020.

"Menang kalah bukan tujuan utama dalam uji coba. Yang penting, tim ini dari hari ke hari berkembang dan itu yang lebih penting. Setelah pertandingan akan langsung saya umumkan 23 pemain yang berangkat ke Hanoi," kata Indra Sjafri.

Sementara itu, pelatih Stefano Cugurra Teco, menyambut antusias laga uji coba melawan Timnas Indonesia U-23. Menurut Teco, laga ini bisa dijadikan ajang menurunkan pemain-pemain muda yang tak mendapatkan waktu bermain di Piala Presiden 2019.

"Saya akan menurunkan pemain yang tidak banyak bermain di Piala Presiden. Saya harus memberikan kesempatan bagi pemain Bali United untuk menunjukkan kualitasnya," ucap Teco.

Laga ini menjadi persiapan terakhir pasukan Garuda Muda sebelum bertempur di pentas Asia. Timnas Indonesia U-23 kemudian dijadwalkan akan langsung bertolak ke Hanoi, Vietnam, pada Senin (18/3/2019).

Prakiraan Susunan Pemain

Bali United (4-3-3): Samuel Reimas (kiper), I Made Andhika Wijaya, Dallen Doke, Haudi Abdillah, Dias Angga Putra (belakang), Ahmad Agung, I Nyoman Sukarja, Sutanto Tan (tengah), Yabes Roni, Martinus Novianto, Hanis Sagara Putra (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Awan Setho; Asnawi Mangkualam, Andi Setyo, Nurhidayat Haji Haris, Firza Andika; Luthfi Kamal Baharsyah, Gian Zola, Egy Maulana Vikri; Saddil Ramdani, Osvaldo Haay, Marinus Wanewar

Pelatih: Indra Sjafri (Indonesia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Kalahkan Thunder, Warriors Pastikan Diri ke Play Off

Posted: 16 Mar 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Oklahoma - Golden State Warriors masih terlalu tangguh untuk tuan rumah Oklahoma City Thunder dalam lanjutan NBA, Minggu (17/3/2019). Stephen Curry dan kawan-kawan menang telak 110-88 atas Thunder dalam pertandingan di Chesapeake Arena.

Curry menjadi bintang dalam pertandingan NBA kali ini dengan sumbangan poin terbanyak bagi Warriors. Poin guard berusia 31 tahun itu menyumbang 33 poin, disusul Klay Thompson dengan 23 poin.

Di sisi Thunder, Paul George mengemas poin terbanyak dengan 29 poin. Sayang, torehan ini gagal diikuti rekan setimnya di Thunder.

Bagi Warriors, kemenangan ini mengukuhkan mereka di puncak klasemen wilayah barat NBA. Tim asuhan Steve Kerr ini juga memastikan diri lolos ke babak play off NBA 2019.

 

Jalannya Pertandingan

Russell Westbrook (AP)

Warriors langsung tancap gas sejak kuarter pertama dengan mencetak total 40 poin. Hal sebaliknya dibuat Thunder yang hanya bisa membukukan 27 poin.

Bukannya bangkit, Thunder justru melempem di kuarter kedua dan hanya meraih 19 poin. Padahal, torehan poin Warriors pun turun ke angka 24.

Thunder baru bisa mengimbangi permainan Warriors di kuarter ketiga. Westbrook dan kawan-kawan menipiskan ketinggalan menjadi 87-16.

Sayangnya, Thunder gagal mengulangi permainan serupa di kuarter empat. Di kuarter ini, Thunder cuma mengumpulkan 17 poin.

Thunder pun menelan kekalahan kedua beruntun. Sebelumnya, mereka takluk dari Indiana Pacers 108-106.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Spanyol, Kesempatan Barcelona Menjauh

Posted: 16 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Liga Spanyol telah memasuki pekan ke-28. Kesempatan Barcelona untuk menjauhi rival-rivalnya kembali datang akhir pekan ini.

Barcelona akan menantang Real Betis, Minggu (17/3/2019) atau Senin dinihari WIB. Meski bertindak sebagai tim tamu, namun Barcelona tetap diunggulkan dalam lanjutan liga yang disiarkan oleh SCTV ini.

Di papan klasemen Liga Spanyol, Barcelona masih menjadi pemuncak. Mereka mengoleksi 63 poin dari 27 laga.

Sementara Real Betis masih tertahan di posisi kedelapan klasemen Liga Spanyol. Mereka mengoleksi 39 poin dari 27 laga.

Berikut jadwal Liga Spanyol hari ini:

 

 

Jadwal

Penyerang Barcelona, Luis Suarez melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Sevilla di final Copa del Rey di stadion Wanda Metropolitano di Madrid (21/4). Barcelona menang 5-0.  (AP Photo / Paul White)

Minggu, 17 Maret

18.00 WIB, Eibar vs Real Valladolid

22.15 WIB, Espanyol vs Sevilla

Jadwal Selanjutnya

Pemain Barcelona Samuel Umtiti menendang bola yang akhirnya menciptakan gol bunuh diri dari pemain AS Roma Kostas Manolas saat pertandingan Liga Champions di stadion Camp Nou di Barcelona (4/3). (AP Photo / Manu Fernandez)

Senin, 18 Maret

00.30 WIB, Valencia vs Getafe

00.30 WIB, Villareal vs Rayo Valecano

02.45 WIB, Real Betis vs Barcelona

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bicara Soal Hubungannya dengan Wijin, Gisella Anastasia Malu-Malu

Posted: 16 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wijin dan Gisella Anastasia sama-sama tak menampik bahwa mereka kini sedang berhubungan dekat. Kedekatan itu dimulai setelah Gisel menyandang status jandanya.

Namun saat ditegaskan seperti apa status hubungannya dengan Wijin saat ini, Gisella Anastasia mengaku bingung. Sebab, mantan Agnez Mo itu belum pernah menyatakan cinta.

"Aku mah bingung kalau ngomongin jadian atau gimana, belom ditembak sih sampai sekarang ngomong jadian. Malu banget enggak sih emak-emak ngomong begini. Malu!" ungkapnya dalam tayangan Infotainment belum lama ini.

Gisella Anastasia kemudian seolah memberi isyarat agar pria bernama asli Wijaya Saputra itu segera menyatakan cintanya, "Suruh dong," ucapnya pada wartawan.

Jalan Bareng

Gisella Anastasia (Daniel Kampua/Fimela.com)

Meski begitu, Gisella Anastasia membenarkan bahwa ia pernah pergi bersama Wijin. Keduanya memang beberapa kali tertangkap kamera jalan berdua.

"Iya udah pergi bareng untuk obrolan sudah banyak. Cuma kalau ngomong jadian, ya Allah jadian, malu," ucap mantan istri Gading Marten itu.

Move On?

Tampil kompak dengan keluarga, gaya Gisel ini sayang untuk dilewatkan. (Sumber foto: gisel_la/instagram)

Lebih lanjut, sejumlah orang mungkin bertanya, mengapa bisa Gisella Anastasia begitu cepat dekat dengan pria lain, padahal ia baru saja bercerai dri suaminya. Gisel dan Gading Marten Resmi cerai pada Januari 2019.

"Tapi memang dari dulu aku kalau relationship udah (selesai) aku memang udah gitu. Bukan tipikal yang mengurung diri, takut kenal ini, ini, enggak. Kalau dibilang cepat move on, sebenarnya bukan cepat-cepat banget juga," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Safari Politik ke Kalimantan, AHY Minta Maaf Tak Temani Sandi Saat Debat

Posted: 16 Mar 2019 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meminta maaf kepada Cawapres Sandiaga Uno karena tidak bisa menghadiri debat ketiga Pilpres 2019 malam ini. Putra sulung Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu akan bertolak ke Kalimantan dan Sumatera untuk safari politik.

"Nanti malam saya sudah harus mempersiapkan diri perjalanan ke Kalimantan dan Sumatera, jadi mohon maaf sekali tapi pasti doa saya dan spirit saya untuk Mas Sandi," ujar AHY usai bermain basket bersama Sandi di Bulungan, Jakarta Selatan, Minggu (17/3/2019).

Meski tidak ikut menghadiri debat ketiga khusus cawapres, AHY mengaku sudah berkomunikasi dengan Sandi jelang debat hari ini. Gagasan dan masukan dari Partai Demokrat yang terkait tema debat hari ini yaitu kesehatan, ketenagakerjaan, pendidikan, dan sosial budaya, telah disampaikan kepada Sandi.

Ia berharap, masukan dari Demokrat membantu Sandi dalam mengeksplorasi tema debat. Sebab menurut AHY, empat tema tersebut merupakan isu penting dan krusial bagi pembangunan sumber daya manusia.

"Materi debat nanti malam adalah sangat terkait dengan pembangunan sumber daya manusia. Kita ingin masyarakat kita anak-anak muda kita semakin memiliki wawasan daya intelektual karakter yang sangat pancasilais, membumi di tanah air ini," ujar AHY.

Sandi Tak Mempermasalahkan

Sandiaga dan AHY berolahraga basket bareng di Bulungan, Jakarta Selatan. (Merdeka.com)

Sementara itu Sandi tak menyoal ketidakhadiran AHY dalam debat ketiga nanti. Menurutnya, kehadiran AHY memang dibutuhkan di sejumlah provinsi.

Sandi pun menitip pesan politik kepada para kaum muda di daerah yang akan dikunjungi AHY.

"Saya titip juga karena Mas AHY jauh lebih dibutuhkan di beberapa provinsi, ditunggu. Saya titip saja untuk millenial di sana," ujar Sandiaga.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Kronologi Helikopter Jatuh di Tasikmalaya

Posted: 16 Mar 2019 08:24 PM PDT

Fokus, Tasikmalaya - Sebuah helikopter jenis BO 105 M PKEAH jatuh di kawasan Situ Hiang, Sirna Putra, Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu sore, 16 Maret 2019 kemarin. Empat orang penumpang, satu di antaranya perempuan, dievakuasi kerumah sakit karena mengalami luka-luka.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (17/3/2019), menurut saksi mata, helikopter sewaan itu sempat terbang rendah hingga akhirnya jatuh. Bangkai helikopter tersangkut bambu dan pepohonan dengan posisi kepala menukik ke bawah.

Selain dua baling-baling patah, kaca depan helikopter juga pecah. Empat orang penumpang, termasuk pilot, mengalami luka akibat benturan keras. Bahkan satu penumpang perempuan sempat pingsan di lokasi. Warga kemudian mengevakuasi korban dengan cara digotong melewati pematang sawah.

Keempat korban dibawa ke rumah sakit. Dari hasil pemeriksaan, keempat korban berhasil ditangani secara medis dan tidak ada yang mengalami masalah yang serius. Pilot Fuad Humran, yang sempat mengalami pergeseran tulang ekor saat ini sudah masuk ke ruang perawatan. Sedangkan kopilot Agung, sudah membaik. Dia hanya mengalami lecet di bagian pelipis sebelah kanan.

Sementara dua korban lainnya, yaitu Ir. Joni dan Tuti, setelah menjalani perawatan di UGD, langsung dipindahkan ke RS TMC Kota Tasikmalaya, untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih baik. 

Uuntuk penyebab kecelakaan, diduga helikopter tersebut jatuh akibat mati mesin. Bangkai helikopter hingga Sabtu sore masih belum bisa dievakuasi karena medan yang sulit. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Real Madrid Tempel Atletico

Posted: 16 Mar 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - La Liga Spanyol telah memasuki pekan ke-28. Barcelona masih kokoh di puncak klasemen sementara sejauh ini.

Barca mengoleksi 63 poin dari 27 laga Liga Spanyol. Rinciannya, Barcelona meraih 19 kemenangan, enam kali imbang, dan hanya kalah dua kali dalam liga yang disiarkan eksklusif oleh SCTV ini.

Sementara posisi kedua Liga Spanyol dipegang oleh Atletico Madrid. Los Rojiblancos mengoleksi 56 poin dari 28 laga.

Kesempatan Atletico untuk mendekat ke puncak klasemen pupus tadi malam. Pasalnya mereka kalah 0-2 melawan Athletic Bilbao.

Bahkan Atletico kini terancam oleh Real Madrid yang ada di posisi ketiga. Kemenangan atas Celta Vigo membuat Real Madrid hanya berselisih dua poin dengan Atletico.

Berikut klasemen Liga Spanyol selengkapnya:

 

Klasemen

Penyerang Barcelona, Ousmane Dembele (kedua kanan) bersama rekan setimnya merayakan gol ke gawang Levante pada leg kedua babak 16 besar Copa del Rey di Stadion Camp Nou, Kamis (17/1). Barcelona lolos ke perempat final usai menang 3-0. (Josep LAGO / AFP)

Hasil

Gelandang Real Madrid asal Spanyol, Isco. (AFP/Javier Soriano)

Berikut hasil La Liga tadi malam:

Real Sociedad 1-1 Levante

Huesca 1-3 Deportivo Alaves

Real Madrid 2-0 Celta Vigo

Athletic Bilbao 2-0 Atletico Madrid

Leganes 0-2 Girona

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI hingga Bawaslu Gelar Deklarasi Pemilu 2019 Ramah Anak

Posted: 16 Mar 2019 08:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah lembaga dan kementerian melakukan deklarasi dan komitmen dalam mewujudkan Pemilu 2019 ramah anak di lapangan Bawaslu, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam deklarasi tersebut pihak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA), KPAI, Bawaslu, KPU, Kemenkominfo, dan Siberkreasi, melakukan sosialisasi, pengawasan, dan pencegahan agar anak tidak disalahgunakan dalam kegiatan kampanye.

"Mengimbau kepada calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, anggota DPRD provinsi, anggota DPRD kota/kabupaten, serta calon DPD agar memiliki komitmen tinggi terhadap perlindungan anak serta tidak menyalahgunakan anak dalam kegiatan politik," kata salah satu perwakilan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Minggu (17/3/2019).

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto mengharapkan untuk Pemilu 2019 ini lebih ramah anak dibandingkan dengan penyelenggaraan pesta demokarasi sebelumnya.

"Dulu 2014 memang kita banyak menerima laporan terkait dengan penyalahgunaan politik itu dilakukan oleh berbagai elemen apakah itu caleg atau tim suksesnya," ucap dia.

Tak hanya itu, dia juga meminta agar pasangan capres dan cawapres dapat memfokuskan kepada kebijakan ramah anak, sehingga tidak ada penyalahgunaan dalam kegiatan politik.

Kampanye Sehat

Pejalan kaki melintasi mural yang menghiasi tembok di kawasan Margonda, Depok, Sabtu (16/2). Gambar mural memiliki pesan agar masyarakat tetap damai dan berteman meski berbeda dalam memilih calon presiden dalam Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sementara itu, anggota Bawaslu Afifudin mengatakan kegiatan saat ini merupakan bentuk sosialisasi dan pencegahan di mana kampanye harus ramah terhadap anak.

"Semua pihak harus komitmen untuk memberikan kampanye sehat kepada masyrakat. Pada saatnya nanti saat di rapat kampanye umum itu kan banyak mobilisasi dan biasanya berpotensi melibatkan anak di situ," kata Afif.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kutuk Penembakan di Selandia Baru, Massa Aksi Gelar Teatrikal

Posted: 16 Mar 2019 08:11 PM PDT

Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Umat Muslim menggelar teatrikal penembakan di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Umat Muslim menggelar teatrikal penembakan di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Umat Muslim menggelar teatrikal penembakan di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Umat Muslim menggelar teatrikal penembakan di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mendandatangani pembunuhan terhadap muslim di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga mendandatangani pembunuhan terhadap muslim di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Umat Muslim menggelar teatrikal penembakan di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Massa aksi yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Umat Muslim menggelar teatrikal penembakan di Masjid Selandia Baru pada CFD di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (17/3). Mereka mengutuk penembakan terhadap jemaah. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Usai Wolves Kalahkan MU di Piala FA: Kekalahan Beruntun Solskjaer

Posted: 16 Mar 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) menuai kekalahan beruntun pertama di era Ole Gunnar Solskjaer. Setelah kalah dari Arsenal di Liga Inggris, MU juga tersingkir di perempat final Piala FA usai kalah 1-2 dari Wolverhampton Wanderers (Wolves), Minggu (17/3/2019).

Pertandingan berlangsung berimbang pada babak pertama, namun Wolves berhasil unggul dua gol di 45 menit kedua. Gol Wolverhampton diciptakan oleh Raul Jimenez pada menit ke-76 dan Diogo Jota enam menit setelahnya.

MU mencoba menyamakan kedudukan. Namun di sisa-sisa menit pertandingan, mereka hanya mampu mencetak gol beberapa saat sebelum wasit meniupkan peluit panjang melalui aksi Marcus Rasford. Dengan demikian, The Red Devils kalah 1-2.

Pertandingan kali ini juga menyisakan beberapa catatan penting yang patut untuk diketahui oleh Bolaneters sekalian. Penasaran? Yuk simak beberapa catatan laga dari Wolverhampton vs MU yang dilansir dari BBC Sport berikut ini.

 

 

Statistik Wolves vs Man United

MU kalah dari Wolves di perempat final Piala FA (AFP)

1. Sudah 15 kali Wolves mencapai semi-final FA Cup, dan ini pertama kalinya sejak musim 1997-1998. Mereka selalu tersingkir dalam empat laga semi-final terakhirnya.

2. Untuk pertama kalinya Manchester United menelan kekalahan beruntun di masa Solskjaer, terakhir kali terjadi pada bulan Desember 2018 pada dua laga terakhir sebelum Jose Mourinho dipecat.

3. Untuk pertama kalinya sejak Februari 2003, Wolves berhasil menuai tiga kemenangan beruntun di laga FA Cup.

Lanjutan

4. Wolves berhasil memenangkan enam dari tujuh laga kandangnya di semua kompetisi (imbang satu), sama banyaknya dengan catatan mereka di 16 laga sebelum ini (menang enam, imbang lima, kalah lima).

5. Untuk pertama kalinya, sejak Januari 1973, Manchester United kalah atas Wolves di ajang FA Cup. Dan untuk pertama kalinya dari empat pertemuan terakhir pada babak perempat final.

6. Raul Jimenez telah mencetak 15 gol di semua kompetisi musim ini, lebih banyak delapan gol ketimbang pemain Wolves lainnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Antivirus Abal-Abal di Google Play Store Bikin Resah

Posted: 16 Mar 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna sedikit kesulitan memilih antivirus mana yang terpercaya dan aman di Google Play Store. Pasalnya, banyak antivirus abal-abal tersebar di toko aplikasi milik Google tersebut.

Berita ini pun menuai perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com. Berita lain yang juuga menyedot perhatian datang dari sederet peristiwa badai matahari yang nyaris membahayakan Bumi.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Aplikasi Antivirus Abal-Abal Marak Beredar di Google Play Store

Bagi banyak pengguna perangkat elektronik, khususnya PC dan laptop pasti tahu betapa pentingnya software antivirus.

Android malware (ist.)

Tak hanya penting untuk PC dan laptop, banyak pengguna smartphone menginstal aplikasi antivirus agar terlindungi dari berbagai macam serangan siber.

Namun, dengan begitu banyak aplikasi antivirus di Google Play Store, wajar bila pengguna sedikit kesulitan memilih mana yang terpercaya dan aman.

Baca selengkapnya di sini

2. Sederet Peristiwa Badai Matahari yang Nyaris Bahayakan Bumi

Badai Matahari dikabarkan akan menerjang Bumi. Panas yang dirasakan tak seperti biasanya, sangat menyengat dan terik.

Ilustrasi badai Matahari (NASA's Goddard Space Flight Center/Genna Duberstein).

Ada beberapa hal penyebab terjadi Badai Matahari, yaitu semburan Matahari. Semburannya memengaruhi semua lapisan atmosfer Matahari (fotosfer, korona dan kromosfer). Kebanyakan semburan terjadi di wilayah aktif di sekitar bintik Matahari.

Selain itu, semburan Matahari mengeluarkan sinar X dan radiasi ultraviolet, yang dapat memengaruhi ionosfer Bumi dan mengganggu komunikasi radio dan satelit.

Baca selengkapnya di sini 

3. Kerugian Besar Ini Bisa Terjadi Jika Badai Matahari Terjang Bumi

Badai Matahari 2012 (NASA)

Pada awal tahun ini, Bank Denmark, Saxo Bank, merilis prediksi 2019. Ada beberapa hal mengerikan yang menjadi "ramalan buruk".

Salah satunya perkiraan itu adalah munculnya fenomena alam, badai matahari, yang diperkirakan memberi kerugian secara ekonomi.

Fenomena alam ini diprediksi akan menimbulkan kerugian sebesar US$2 triliun atau sekitar Rp 28.960 triliun!

Baca selengkapnya di sini 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Cat Mobil Keseluruhan, Berapa Biayanya?

Posted: 16 Mar 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Jika Anda memiliki mobil kesayangan dan umurnya sudah menyentuh belasan tahun, tentu tampilannya tak akan sesegar saat pertama kali beli. Jika membeli mobil dengan tahun muda bukan pilihan, maka Anda bisa mengecat body mobil secara keseluruhan.

Lantas berapa biayanya jika ingin mengecat body secara keseluruhan? Dahlan, pemilik bengkel cat dan body repair di kawasan Mekarwangi, Bandung, mematok harga Rp6 juta untuk cat full body. Biaya tersebut sudah meliputi menghilangkan cat lama dan memperbaiki kerusakan body dengan metode ketok dan dempul. 

"Untuk pengerjaan full body, waktu yang dibutuhkan mencapai 10 hari. Proses yang lama adalah membersihkan body secara keseluruhan. Setelah itu, cacat pada body kita perbaiki dulu. Setelah itu diberi epoxy, cat dasar pabrik, dan lapisan varnish," ucap Dahlan.

Meskipun mengandalkan matahari untuk proses pengeringan cat, Dahlan mengaku menggunakan cat berjenis oven agar cat bertahan lama. "Kalau cat biasa hanya bertahan 6 bulan, kalau cat oven sampai berumur 3 tahun masih mengilap," sambungnya.

Teknik lain untuk membuat cat awet adalah memperbanyak jumlah varnish yang digunakan. "Misalkan varnish yang digunakan untuk full body adalah 1,5 kg. Maka bisa dibuat menjadi 2 kg, sehingga lapisan varnish lebih tebal," pungkasnya.

 

Mengintip Biaya Perbaikan Mobil Pasca Kecelakaan

Tak ada yang ingin mengalami kecelakaan mobil, baik ringan maupun berat. Namun jika Anda tak sengaja terlibat kecelakaan dan harus memperbaikinya sendiri karena tak mengikuti program asuransi, tentu harus ada sejumlah dana yang disiapkan.

Menurut Dahlan, pemilik bengkel cat dan perbaikan bodi di kawasan Mekarwangi, Bandung, tak sulit untuk menghitung estimasi biaya perbaikan. "Secara umum, bengkel cat membuat estimasi biaya perbaikan dari jumlah panel yang dikerjakan," ungkap Dahlan kepada Liputan6.com melalui sambungan telepon.

"Misalkan saja bumper depan mobil pecah atau retak, maka itu dihitungnya 1 panel. Konsumen tak perlu membeli bumper baru, karena bumper bisa kita perbaiki. Caranya? Bumper dilepas dari mobil, disolder, lalu dijahit menggunakan kawat, dan akhirnya ditutupi dempul," sambungnya.

Hitungan per panel rupanya cukup sederhana. Yang dihitung satu panel adalah bumper depan dan belakang, pintu, pintu bagasi, dan kap mesin. Jika atap mobil total keseluruhannya adalah 2 panel.

Untuk diketahui, harga yang dipatok per panel adalah Rp500 ribu. Estimasi pengerjaannya paling cepat 1 hari, mobil masuk pagi dan sore sudah bisa diambil. Namun tergantung dari cuaca matahari, karena pengeringannya mengendalkan terik cahaya matahari. Wajar saja, karena bengkel milik Dahlan belum menggunakan oven.

Terkait dengan kecelakaan, biayanya bisa berubah jika lampu depan atau komponen lain yang pecah. "Misalkan lampu depan pecah, maka konsumen harus beli lampu baru. Kita bisa bantu carikan yang murah, biasanya dapat dari copotan asuransi. Untuk harganya tergantung mobilnya, karena saya harus cek stoknya dulu," ungkap pria yang sudah menjalan kan bisnisnya sejak tahun 80-an.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lokasi Penembakan Brutal di Christchurch Selandia Baru Dipenuhi Karangan Bunga

Posted: 16 Mar 2019 08:07 PM PDT

Fokus, Christchurch - Penembakan brutal yang menewaskan 49 orang di Kota Christchurch, Selandia Baru, meninggalkan duka bagi warga setempat. Hingga Sabtu, 16 Maret kemarin, warga terus berdatangan dan meletakkan karangan bunga di lokasi. Mereka seolah masih tidak percaya lantaran kerabat dan teman mereka menjadi korban.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (17/3/2019), kepolisian setempat juga mendatangi rumah salah satu pelaku, Brenton Tarrant, di kota Dunedin. Warga negara Australia itu dikabarkan sering hidup berpindah-pindah di Selandia Baru. Demi keamanan, polisi mengevakuasi seluruh penghuni di kawasan tersebut. Sebelumnya, polisi telah menemukan bom aktif di mobil milik pelaku.

Brenton Tarrant sempat dihadirkan di pengadilan setempat dan dikawal ketat aparat. Ia mendengarkan hakim yang membacakan dakwaan terhadap dirinya. Menurut majelis hakim, Brenton didakwa dengan kasus pembunuhan, namun kemungkinan akan ada dakwaan tambahan terhadap dirinya.

Brenton juga yang mengunggah aksinya ketika menembak dengan membabi buta di dua masjid di Christchurch. Ia juga mengutarakan manifesto yang isinya tentang kebencian terhdap pendatang dan Islam.

Selain 49 tewas, 39 korban lainnya dilaporkan terluka. Saat ini mereka masih dirawat di rumah sakit di Christchurch. Kepala Unit Bedah Rumah Sakit, Greg Robertson, mengatakan, 11 korban saat ini kondisinya kritis dan harus menjalani beberapa kali operasi.

Sementara itu, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardem, Sabtu kemarin, telah bertemu dengan warga muslim di Christchurch. Ia memberikan jaminan keselamatan dan kebebasan beribadah kepada mereka. Jacinda mengatakan, Selandia Baru adalah negara yang menghormati keberagaman. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Hutan di Tiongkok yang Paling Indah, Bikin Adem Mata Melihatnya

Posted: 16 Mar 2019 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat di tanggal 12 maret 2019 kemarin, China merayakan Hari Menanan Pohon Nasional yang ke 41 tahun. Seluruh rakyat China berbondong-bondong mengunjungi beberapa hutan yang ada di daerahnya, untuk merayakan momen ini.

China terletak di kawasan Asia yang memiliki iklim tropis sehingga dikelilingi oleh banyak hutan yang subur dan tumbuh indah. Hutan-hutan di China pun terkenal dengan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Berikut keindahan-keindahannya dilansir dari CGTN:

 

1. Pegunungan dan Hutan Changbai, Provinsi Jilin

sumber:cgtn.com

Terletak di China bagian Timur Laut, Cagar Alam Pegunungan Changbai dijuluki sebagai Harta Karun Green House di China. Hutan ini dipenuhi dengan hutan Pinus Korea, yang merupakan salah saru spesis pepohonan yang unik dan berharga di bagian Timur Laut China.

2. Hutan Tropis Xishuangbanna, Provinsi Yunnan

sumber:cgtn.com

Hutan Tropis Xishuangbanna terletak di sebelah barat daya Provinsi Yunnan di Cina. Hutan ini merupakan salah satu tujuan para wisatawan yang paling ingin dikunjungi karena udara yang hangat dan nyaman sealam setahun penuh dan juga karena pemandangannya ayng sangat indah.

Sebagai salah satu hutan yang sangat dijaga dan dilindungi di China, Cagar Alam Xishaungbanna memiliki keunikan karena adanya lembah sungai yang luas dan juga pepohonan hijau abadi, serta dikelilingi oleh sungai-sungai dan bukit-bukit yang indah.

3. Hutan Larch Daxing'anling, Provinsi Heilongjiang

sumber:cgtn.com

Hutan Larch Daxing'anling yang terletak di Provinsi Heilongjiang ini merupakan hutan primitif terbesar di Timur Laut China. Hutan Larch ini merupakan habitat asli hewan-hewan langka yang terancam punah seperti spesies Kutub Utara seperti rusa besar.

Pepohonan yang tumbuh subur di hutan Larch ini juga akan memberikan pemandangan berbeda di setiap musim berbeda yang terjadi di China.

4. Hutan Tianshan Picea Schrenkiana, Daerah Otonom Uygur Xinjiang

sumber:cgtn.com

Picea Schrenkiana adalah spesies pohon cemara khas asli Hutan Tianshan di Daerah Otonom Uygur Xinjiang, Barat Laut China. Pohon-pohon cemara ini kuat untuk tumbuh di puncak bersalju dengan ketinggian 1.400 hingga 2.700 meter di atas permukaan laut.

Pohon-pohon cemara ini juga membantuk pemandangan alam yang unik dari pohon-pohon berdaun lebar yang tinggi, dan padang rumput pegunungan.

Picea Schrenkiana adalah spesies pohon cemara khas asli Hutan Tianshan di Daerah Otonom Uygur Xinjiang, Barat Laut China. Pohon-pohon cemara ini kuat untuk tumbuh di puncak bersalju dengan ketinggian 1.400 hingga 2.700 meter di atas permukaan laut. Pohon-pohon cemara ini juga membantuk pemandangan alam yang unik dari pohon-pohon berdaun lebar yang tinggi, dan padang rumput pegunungan.

sumber:cgtn.com

Memiliki luas 447 kilometer persegi, Hutan Hujan Tropis Pegunungan Jianfeng terletak di Sanya Utara di Pulau Hainan. Hutan Hujan ini merupakan hutan hujan tropi terbesar dan paling dilestarikan di China dengan tingkat cakupan senilai 96%.

Seluruh integrasi pohon-pohon yang menjulang ringgi, aliran air yang memukau, dan awan yang menghiasi langit yang cerah, menciptakan pemandangan yang sungguh menakjubkan.

Tertarikkah Anda untuk mengunjungi hutan-hutan indah di China ini?

 

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Renovasi Rumah Tapi Tetap Bisa Menabung? Simak Tipsnya!

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Merenovasi rumah memang perlu. Selain untuk membuat rumah Anda indah dengan menutupi dan memperbaiki spot yang usang. Ini juga akan membantu Anda untuk mendapatkan energi positif baru untuk menjalani hari-hari.

Namun tentunya renovasi rumah akan menguras kantong sangat dalam. Selain itu, hal ini akan membuat Anda sangat sulit untuk menabung bahkan menghemat uang.

Bukankah begitu? Namun sebenarnya hal tersebut tidaklah harus terjadi jika Anda tau bagaimana cara menghemat uang saat merenovasi rumah.

Mau tahu apa saja cara-caranya yang harus Anda lakukan? Berikut tipsnya:

1. Usahakanlah Lakukan Sendiri

Jika Anda hanya berniat merenovasi sedikit bagian rumah, maka usahakanlah untuk tidak menggunakan bantuan tukang dalam mengerjakannya. Tontonlah beberapa video dalam Youtube tentang tips dan trik untuk merenovasi rumah dengan cara mudah.

Selain membuat Anda bekerja, hal ini juga akan menghemat uang Anda lebih banyak.

2. Jangan Ganti Semuanya

Ilustrasi mengatur keuangan.

Jika Anda berpendapat bahwa merenovasi rumah saja mengganti seluruh perabotan yang ada, maka Anda harus mengganti cara pandang ini. Merenovasi rumah tidak meluluk harus mengganti semua prabotannya dengan benda baru.

Lihat benda sekeliling Anda, jika itu masih layak pakai maka pakailah.

3. Jual yang Telah Usang

Seperti yang sudah disebutkan, jika memang perabotan yang lama masih cukup bagus dan layak digunakan maka gunakanlah. Jika pun tidak, jangan terburu-buru untuk membuangnya.

Pikirkanlah untuk menjual ini kepada pengepul barang-barang bekas meskipun tidak dihargai semahal Anda beli, namun setidaknya benda itu masih memiliki nilai dan tentunya ini membuat Anda menghemat sekaligus menambah pundi-pundi di dompet.

4. Pikirkanlah Membeli Barang Bekas

Jika Anda memang sangat-sangat membutuhkan prabotan rumah tangga yang baru untuk mengisi ruangan yang telah didekorasi, maka mulailah memikirkan untuk membeli prabotan bekas atau preloved.

Bukan sembarang barang bekas, ini masih termasuk dalam barang yang masih layak pakai dan tidak usang namun saja pemilik sebelumnya tidak terlalu tertarik dengan produk ini untuk itu dijual.

Tentunya, harga yang ditawarkan dari prabot ini pasti jauh lebih murah dibanding harus membeli prabotan yang baru.

 

5. Carilah Merek Alternatif

Ilustrasi Investasi Properti (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Jika Anda mengingkan prabotan baru namun dari brand ternama, maka mulailah untuk memikirkan ulang hal tersebut. Carilah brand lain yang memang tidak terlalu jauh berbeda kualitasnya namun masih terjangkau harganya.

Tentunya hal ini benar-benar akan menekan bujet merenovasi Anda dan menabung akan lebih mudah.

6. Berbelanjalah dengan Cerdas

Jadilah pembeli yang cerdas, bukan hanya cerdas memilih kualitas namun cerdaslah dalam memilih harga. Misal, ada suatu jenis perabotan yang sama namun dari merek yang berbeda. Keduanya memiliki keunggulan yang sama, namun hanya berbeda dari segi brand.

Benda A berasal dari brand terkenal namun benda B berasal dari brand biasa saja. Maka bijaklah, Anda membeli barang tersebut karena fungsi dan kualitasnya bukan membeli brandnya.

Jika Anda dapat membeli dengan bijak, maka pengeluaran Anda akan terkendali sehingga lebih irit dan mudah untuk menabung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Italia: Dominasi Juventus

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persaingan di Liga Italia memasuki pekan ke-28 semakin panas. Namun, untuk sementara Juventus masih menjadi pemuncak klasemen.

Ya, Si Nyonya Tua mengoleksi 75 poin sejauh ini. Hebatnya, mereka belum terkalahkan dari jumlah laga tersebut.

Juventus sukses meraih 24 kemenangan dan tiga kali imbang. Selisih gol mereka juga fantastis yakni +42.

Sementara di posisi kedua Liga Italia masih ditempati oleh Napoli. Mereka mengoleksi 57 poin dari jumlah laga yang sama.

Bahkan selisih poin dengan AC Milan yang berada di posisi ketiga semakin tipis. AC Milan mengoleksi 51 poin sejauh ini.

Berikut klasemen Liga Italia hingga pekan ke-28

 

Klasemen

Ilustrasi Logo Serie A. (AFP/Marco Bertorello)

Jadwal

Logo Serie A

Berikut jadwal Liga Italia akhir pekan ini:

Minggu, 17 Maret 2019

18.30 WIB Genoa Vs Juventus

21.00 WIB Atalanta Vs Chievo

21.00 WIB Empoli Vs Frosinone

21.00 WIB Lazio Vs Parma

Senin, 18 Maret 2019

00.00 WIB Napoli Vs Udinese

02.30 WIB AC Milan Vs Inter Milan

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Everything in Between, Rangkuman Perjalanan Mencari Jati Diri Antara Indonesia dan Belanda

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Celetukan santai yang terlontar saat berkomunikasi lewat telepon tak disangka menjadi serius. Ide bersepeda dari Belanda menuju Indonesia akhirnya terwujud dalam aksi nyata yang terangkum dalam Everything in Between.

"Selama ini, kami bertemu di Belanda atau di Jakarta lewat udara. Kami tak pernah tahu apa yang ada di darat antara Jakarta dan Belanda," ujar Marlies, penggagas ide Everything in Between saat disinggung alasan yang mendorong perjalanan panjang dengan bersepeda itu saat ditemui Rabu, 13 Maret 2019.

Bersama Diego, Marlies merancang rute perjalanan panjang mereka berdua. Selama tiga tahun, mereka mempersiapkan segalanya, termasuk bekal perjalanan yang tak sedikit. Pasalnya, mereka tak bekerja selama perjalanan berlangsung.

Bersepeda dipilih karena mereka familiar dengan moda transportasi ini. Marlies apalagi, warga Belanda ini terbiasa mengayuh pedal ke mana-mana di Negeri Kincir Angin.

Pada 2 April 2018, mereka mengawali perjalanan dari Belanda, telat setahun dari yang direncanakan karena harus membereskan urusan domestik sebelum berangkat. Musim semi mengiringi perjalanan mereka di Benua Eropa sambil membawa beban sekitar 50 kilogram di sepeda mereka.

"Hingga ke Bulgaria, perjalanan lancar karena ada rute khusus pesepeda. Tantangan dimulai setelah masuk ke Asia Tengah. Itu lumayan menyiksa karena suhu panas membuat kulitku terbakar," celoteh Marlies soal perjalanannya.

Selain suhu, mereka juga menemui pengalaman tak terlupakan di sana. Bila biasanya orang lebih ramah saat ada kamera, tak demikian dengan sikap warga Iran.

Mereka justru harus menjauhkan diri dari kamera selama beberapa waktu agar bisa lebih dekat dengan warga setempat. Terbukti, mereka jauh lebih ramah tanpa kamera.

"Makanya, foto yang dihasilkan di sana tak banyak, hanya sekitar 50 foto. Itu menunjukkan tidak semua hal harus direkam," kata Yunaidi Joepeot, kurator pameran Everything in Between.

Cerita perjalanan Marlies dan Diego memang dipamerkan dalam eksibisi mini di lantai 2 Kopi Kalyan Barito hingga 24 Maret 2019. Lewat empat zona, pameran itu tak hanya menampilkan foto, tetapi juga video dan segala perangkat yang digunakan selama petualangan berlangsung.

Semangat Menguap di Tajikistan

Pameran Everything in Between, rangkuman perjalanan Marlies dan Diego dengan bersepeda dari Belanda ke Jakarta. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Perjalanan bersepeda Marlies dan Diego bukan hanya untuk menciptakan rekor. Ada misi penggalangan dana yang ditujukan bagi tiga hal yang mereka cintai, anak-anak, tumbuhan, dan hewan.

Namun sekuat-kuatnya kemantapan hati, semangat mereka pernah berada di titik terendah, khususnya Marlies. Perempuan yang berprofesi sebagai penulis itu nyaris tak ingin melanjutkan perjalanan yang sudah dimulai saat berada di Tajikistan.

"Aku berulang kali bilang aku mau pulang, aku mau pulang, sampai Diego bertanya benarkah aku mau pulang dan dia bilang akan cari jalan untuk itu," ujar Marlies.

Ia mengenang kembali kondisi di negara pecahan Uni Soviet tersebut. Saat itu, ia baru saja dari kawasan Timur Tengah yang suhunya panas. Sementara, perbatasan Tajikistan yang terdiri dari pegunungan bersuhu sangat dingin.

Seolah belum cukup, perjalanan mereka juga dibayangi badai salju yang cukup parah. Mereka tak bisa bersepeda selama enam jam, melainkan hanya berjalan menuntunnya. Mereka bahkan tak menemukan rumah penduduk atau tempat yang tepat untuk berlindung.

Beruntung di puncak gunung, mereka bisa menemukan satu keluarga yang tinggal di sana. Seorang anak mengundang mereka berteduh. Tawaran itu langsung disambut tanpa pikir panjang. Tak berapa lama, salju tebal memutihkan kawasan itu seketika.

Perbedaan suhu ekstrem yang dialami membuat kondisi tubuh Marlies menurun. Ia bahkan harus dirawat di rumah sakit. Sepeda mereka kemudian digantikan dengan merental mobil hingga siap kembali melanjutkan perjalanan.

Saksikan video pilihan di bawah ini :

Pelajaran Berharga

Pameran Everything in Between, rangkuman perjalanan Marlies dan Diego dengan bersepeda dari Belanda ke Jakarta. (Liputan6.com/Dinny Mutiah)

Perjalanan tersebut berakhir pada 23 Februari 2019, saat keduanya tiba di rumah keluarga Diego. Beratnya pengalaman itu terbayar oleh pengalaman berharga yang tak sembarang orang dapatkan. Salah satunya kemampuan untuk mengenali diri sendiri.

"Kami memang belum dapatkan makna hidup, tapi semakin mendekati, mengerucut. Kaya kami lebih tahu apa yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan," ujar Diego.

Diego yang lebih melankolis juga mengaku belajar untuk selalu berbuat baik dan menghargai setiap kebaikan yang diterima. "Semua orang ingin yang terbaik atau lebih baik, tapi sebenarnya berbuat baik itu yang paling penting. You don't need better, just satisfied with the goodness," ujarnya.

Satu lagi yang dipahami adik penyanyi Andien itu adalah "Orang yang paling sederhana hidupnya, ternyata orang yang paling bahagia."

Sementara, Marlies berharap orang-orang bisa ikut menemukan jati diri mereka lewat perjalanan yang dilakukannya. Ia juga menolak dianggap pahlawan karena yang dilakukannya hanyalah bersepeda.

"Kami ingin mengembalikan kembali apa yang sudah orang lain berikan lewat cerita kami. Aku harap orang-orang menikmatinya," ucapnya. Tentu saja tak hanya cerita, Marlies dan Diego yang sudah mengayuh sepeda di 23 negara, berhasil mengumpulkan 15 ribu Euro untuk didonasikan ke Lestari Sayang Anak, Kebun Kumara, dan Jakarta Animal Aid Network.

"Setelah ini, aku akan kembali ke Belanda. Kami bangkrut, jadi ya kembali bekerja," ujar Marlies sambil tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sudah 42 Korban Meninggal Akibat Banjir Bandang di Sentani Papua

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Sentani - Korban banjir bandang di sembilan kelurahanan di Kecamatan Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua, Sabtu (16/3/2019) malam terus bertambah. Banjir ini melanda Kelurahan Barnabas Marweri, Piter Pangkatana, Kristian Pangakatan, Didimus Pangkatana, Andi Pangkatana, Yonasmanuri, Yulianus Pangkatana, Nelson Pangkatan, dan Nesmanuri.

Minggu (17/3/2019) pagi, BNPB sudah mencatat ada 42 orang meninggal dunia, dan 21 orang luka-luka. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan data sementara ada 9 rumah rusak terdampak banjir di BTN Doyo Baru, 1 mobil hanyut, jembatan Doyo dan Kali Ular rusak.

"Ada sekitar 150 rumah terendam di BTN Bintang Timur Sentani, 1 pesawat jenis Twin Otter di Lapangan Terbang Adventis Doyo Sentani," kata Sutopo Purwo Nugroho.

Sekitar 50 orang mengungsi di Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah, 70 orang di Kediaman Bupati Jayapura, dan beberapa warga mengungsi di Kantor Basarnas Jayapura.

Simak video menarik berikut:

 

Penyebab

Pengungsi di kantor Bupati Jayapura (foto: Liputan6.com / katharina janur)

Melihat dampak banjir bandang dan landaan banjir bandang yang terjadi di Sentani, kemungkinan disebabkan adanya longsor di bagian hulu yang kemudian menerjang di bagian hilir. Menurut Sutopo, karakteristik banjir bandang yang sering terjadi di Indonesia diawali adanya longsor di bagian hulu kemudian membendung sungai sehingga terjadi badan air atau bendungan alami.

"Karena volume air terus bertambah kemudian bendung alami ini jebol dan menerjang di bagian bawah dengan membawa material-material kayu gelondongan, pohon, batu, lumpur dan lainnya dengan kecepatan aliran yang besar," kata Sutopo.

Dampak kerusakan dipastikan bertambah karena pendataan masih dilakukan dan belum semua daerah terdampak dijangkau oleh Tim SAR gabungan. Evakuasi, pencarian dan penyelamatan korban masih dilakukan di daerah terdampak. Posko didirikan untuk memudahkan koordinasi. Sebagian bantuan sudah disalurkan kepada masyarakat terdampak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Media Sosial, Senjata Sesungguhnya dalam Penembakan di Selandia Baru

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penembakan di Selandia Baru mengejutkan dunia. Tidak hanya karena kejadian yang berlangsung tiba-tiba, pembantaian yang menewaskan hampir 50 orang di masjid Christchurch itu juga sengaja diunggah pelaku di media sosial.

Hal ini membuatnya banyaknya video terkait penembakan massal tersebut tersebar. Media sosial seperti Youtube-pun dengan cepat menarik semua video brutal tersebut. Namun, banyak orang yang menganggap bahwa hal ini tidak akan segera menghentikan fakta jika media sosial saat ini menjadi senjata sesungguhnya dari teroris.

Mengutip CNN pada Sabtu (16/3/2019), media sosial memang dalam beberapa tahun ini telah digunakan oleh kelompok teroris untuk menyebarkan ketakutan. Di 2013, militan Al-Shabaab mengunggah sebuah cuitan Twitter tentang serangan di pusat perbelanjaan Westgate di Nairobi, Kenya. Sementara pada 2015, seorang teroris menembak mati empat orang di pasar halal Paris timur sembari merekam aksinya dengan kamera GoPro.

"Terorisme adalah kekerasan politik sehingga, para teroris selalu perlu menemukan publisitas untuk mempengaruhi perubahan politik," kata direktur Tech Against Terrorism Adam Hadley.

"Mereka menginginkan audiens, mereka akan selalu pergi ke tempat audiens terbesar. Itu bisa media tradisional atau juga platform media sosial berskala besar," tambahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Tidak menontonnya

Polisi mengevakuasi orang-orang saat terjadi insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Saat kejadian ada sekitar 300 orang yang tengah menjalankan ibadah salat Jumat. (AP Photo/Mark Baker)

Penyunting jurnal Critical Studies on Terrorism Lee Jarvis mengatakan, internet telah memberikan orang dengan kepercayaan minoritas untuk saling terhubung. Mereka bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki pandangan sama bagaimana cara membuat situasi normal di dunia.

"Ada kekhawatiran bahwa jika Anda memiliki sejumlah kecil orang dengan ide yang sama, ide tersebut terasa lebih sah dan tersebar luas daripada yang sebenarnya," kata Jarvis.

Berbagai dokumen yang tersebar juga telah membuktikannya. Ada banyak referensi hingga meme, yang mengungkapkan bahwa kelompok supremasi kulit putih melakukan radikalisasi dengan bersosialisasi secara daring. Di sisi lain, Jarvis memiliki keraguan bahwa permainan video memiliki peran langsung dalam serangan teror semacam ini.

"Tapi budaya pop yang dikonsumsi siapa pun, membentuk bagaimana mereka menjalani kehidupan sehari-hari," tambahnya.

Mengutip NZherald.co.nz, psikolog klinis memperingatkan masyarakat agar tidak menonton rekaman mengerikan tersebut. Hal ini bisa meninggalkan trauma, khususnya bagi warga Selandia Baru.

"Menyaksikannya menimbulkan trauma...Itu tidak akan membantu," kata Ian Lambie beberapa waktu yang lalu. Dia mengatakan, hal menyaksikan hal tersebut bisa menimbulkan rasa cemas, tidak ingin meninggalkan rumah, kehilangan minat beraktivitas, serta sulit tidur.

"Tunjukkan hanya kebaikan dan kasih sayang kepada orang-orang," kata Lambie menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruben Onsu Gerah Fotonya Bareng Adik Syahrini Disangka Sindir Artis Lain

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ruben Onsu belum lama ini mengunggah posenya bersama adik Syahrini, Aisyahrani, dan desainer khusus Syahrini, Danny Satriadi. Muncul tudingan foto tersebut diunggah untuk menyindir Nikita Mirzani.

Presenter yang tengah menantikan anak kedua ini pun membantahnya. Ruben Onsu bahkan heran unggahan tersebut menjadi ramai dibicarakan di media sosial.

"Aku memang lagi di Plaza Senayan jadi tidak ada apa-apa. Jadi tidak mengerti juga kalau ramai mah," kata Ruben Onsu saat di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Kamis (14/3/2019).

Menurut Ruben, foto tersebut dibuat bukan saat Aisyahrani dan Danny tengah membuat video yang dituding menyindir Nikita Mirzani.

Hanya Bertiga

Ruben Onsu, Aisyahrani adik Syahrini dan Danny Satriadi.(Instagram @ruben_onsu)

"Tidak saya tidak ada, orang saya hanya bertiga doang saya, Rani, sama Danny juga," ucapnya.

Suami Sarwendah Tan ini kembali menegaskan bahwa pertemuannya dengan dua kerabat Syahrini itu sama sekali tak ada kaitanya dengan Nikita Mirzani.

"Tidak, tidak ada," tuturnya.

(Reporter : Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Penyelamatan Kura-Kura yang Kakinya Tersangkut Kain

Posted: 16 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penjaga pantai menyelamatkan seekor kura-kura tempayan di Pulau Marado, Korea. Sepotong kain melilit kaki kura-kura tempayan saat berenang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Antisipasi Ledakan Susulan, Polri Tingkatkan Pengamanan Debat Cawapres Malam Ini

Posted: 16 Mar 2019 07:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri meningkatkan pengamanan debat calon wakil presiden yang akan berlangsung malam ini. Hal itu sebagai antisipasi terjadinya insiden yang tidak diinginkan, seperti ledakan yang sebelumnya terjadi saat debat berlangsung.

"Kalau ring 1 kan ada pengamanan dari Paspampers, kalau ring 2 itu ada TNI Polri, kalau ring 4 Polri aja. Lalu Lintas, Sabara, kami perkuat di ring 4," tutur Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Plaza Timur Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Penambahan personel di ring 4 bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan petugas Command Center Senayan untuk saling bantu memantau kondusivitas jalannya debat cawapres.

"Dan juga kita manfaatkan kerja sama dengan dinas bagian CCTV itu," jelas Dedi.

Diketahui, Polda Metro Jaya bersama TNI dan Pemprov DKI Jakarta akan menurunkan sebanyak lima ribu personel gabungan. Lokasi debat sendiri masih sama yakni di Hotel Sultan dengan tema tentang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: