Senin, 11 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kenal Lebih Dekat dengan Harimau Sumatera

Posted: 11 Mar 2019 10:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Alam Indonesia menjadi habitat-habitat bagi satwa liar endemik. Harimau sumatera salah satunya.

Menurut sejarah, Indonesia memiliki tiga jenis harimau: harimau sumatera, harimau bali, dan harimau jawa. Pada 1940 harimau bali punah. Disusul harimau jawa pada 1980-an. Saat ini tercatat harimau sumatera masih hidup di semua lansekap hutan di Sumatera

Masyarakat di Sumatera menyebut harimau dengan nama rimueng, rimau, imau, datuk, inyak, ompung, dan ampang limo. Berbeda penyebutan oleh masyarakat di Jawa menyebutnya dengan simbah, kyai, loreng, gembong, maung, dan lodhaya.

Tidak semua orang mengenal harimau. Terkadang masyarakat umum masih menyamakan harimau dengan jenis kucing-kucingan lain, seperti jenis macan.

Seperti dijelaskan dalam keterangan tertulis Forum Harimau Kita, harimau sumatera memiliki panjang tubuh kurang lebih 240 centimeter dengan tinggi 60 centimeter dan berat sekitar 120 kg, sedangkan harimau betina memiliki panjang tubuh kurang lebih 220 centimeter dengan tinggi 60 centimeter dan berat tubuh 90 kg.

Mereka memiliki warna bulu oranye dengan corak garis hitam. Garis-garis hitam ini yang disebut loreng dan berguna untuk membedakan individu. Selain berfungsi untuk penyamaran, kehangatan, dan perlindungan diri.

Harimau termasuk jenis hewan yang mencari makan saat pagi dan senja. Rusa, babi hutan, dan muncak adalah salah satu makanannya. Pada saat mencari makan, harimau akan mengintai, mengendap, melompat lalu menyergap dan mematikan mangsanya dengan kaki pendek namun kokoh. Kekuatan utamanya adalah tenaga, bukan daya berlari jauh dalam waktu lama.

Mata harimau akan berpendar saat gelap, kumis di bagian mulut digunakan saat menyerang mangsa dan navigasi dalam gelap, telapak tangan yang tebal dan lebar membuat harimau dapat berjalan senyap. Lima sensor yang tersebar di tubuh harimau yang dapat mendeteksi keadaan sekeliling.

Dalam sekali makan, harimau dapat menghabiskan hingga delapan belas kilogram daging dalam sekali makan. Jadi dalam satu pekan harimau membutuhkan satu ekor mangsa besar seperti rusa atau babi hutan. Jika dikalkulasikan, dalam satu tahun harimau sumatra membutuhkan sekitar 50 ekor mangsa.

Setiap individu harimau mempunya batas wilayah jelajah. Area jelajah seekor harimau sumatera bervariasi tergantung pada jenis kelamin, musim, lokasi, dan kepadatan satwa mangsanya. Bila kepadatan satwa mangsa tinggi, wilayah jelajah harimau cenderung sempit. Luas jelajah yang dikuasai harimau jantan seluas bisa mencapai 280 km persegi , sedangkan harimau betina menguasai area sepertiganya dari luasan jantan.

Daerah jelajah penjantan dewasa biasanya bersinggungan dengan daerah jelajah beberapa betina. Untuk menandai wilayah jelajahnya, harimau menyemprotkan urine serta menggaruk tanah dan batang pohon.

Harimau betina dapat melahirkan antara 2-3 ekor anak setelah melalui masa kehamilan selama 3.5 bulan dan akan membesarkan anaknya selama kurang lebih dua tahun. Terkadang saat membesarkan anak, induk betina dekat dengan pemukiman untuk mencari tempat yang aman bagi anaknya.

Sebagai predator yang menduduki puncak rantai makanan, kepunahan harimau sumatra akan mengakibatkan ketidak seimbangan ekosistem sekitarnya. Jumlah mangsa akan meningkat dan menjadi hama bagi masyarakat yang tinggal dekat hutan.

Kini, harimau sumatera sudah dinyatakan jenis terancam punah atau critical endangered karena jumlahnya yang semakin menurun oleh daftar merah IUCN. Harimau sumatera juga  masuk dalam kategori dilindungi menurut UU no 5 tahun 1990 karena ancaman yang berupa perburuan liar dan perdagangan ilegal, konflik dengan manusia, deforestasi, dan pembangunan jalan serta infrastruktur yang memotong habitat harimau sumatera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuh Luka Memar, Pria di Gresik Ditemukan Tewas di dalam Rumah Kosong

Posted: 11 Mar 2019 10:22 PM PDT

Patroli, Gresik - Warga berkerumun di sebuah rumah kosong di Desa Kepatihan, Menganti, Kabupaten Gresik. Di dalamnya, seorang pria bernama Andre ditemukan tewas, pada Selasa pagi tadi.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (12/3/2019), korban berusia 22 tahun merupakan warga Kupang Krajan, Surabaya. Dia ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa dengan posisi telentang di lantai kamar tidurnya dengan luka memar dan darah di hidung dan kepalanya.

Polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) untuk mengetahui penyebab kematian korban. 

Menurut ibu korban, putra semata wayangnya itu tidak bisa dihubungi sejak keluar dari rumah Sabtu, 9 Maret kemarin. Dia kemudian meminta tolong kepada tetangga untuk menjenguk anaknya di rumah yang sejak beberapa tahun terakhir tidak dihuni itu.

Kini polisi tengah meminta keterangan sejumlah saksi untuk memastikn penyebab tewasnya korban. Jenazah lalu dibawa ke Rumah Sakit Ibnu Sina untuk diautopsi. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Gelang dari Tali Kur dengan Mudah, Hasilnya Cantik Banget

Posted: 11 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aksesoris pelengkap yang sederhana namun dapat menambah daya tarik gaya busana adalah gelang. Gelang dapat digunakan oleh siapapun. Baik laki-laki maupun perempuan bahkan dari anak-anak, anak remaja maupun orang dewasa. Tak jarang gelang bisa jadi kado bagi sebagian orang untuk diberikan pada hari ulang tahun atau sekedar ingin memberikan sebagai hadiah.

Bagi kamu yang gemar mengoleksi dan menggunakan gelang, apakah kamu memiliki gelang yang terbuat dari tali kur? Gelang yang terbuat dari tali kur ada banyak sekali bentuk dan warnanya. Tali kur yang dirajut dan disusun sehingga membentuk gelang-gelang yang unik dan menarik.

Tali kur adalah tali yang biasa digunakan untuk tali tas serut, tas fashion maupun tas bed cover, tali jaket, tali sweater, tali pramuka dan sebagainya. Tali kur juga memiliki berbagai ukuran, warna dan bahan baku seperti poy, nylon, polyester, cotton, filamen dan lain-lain.

Apakah kamu berniat ingin membuatnya sendiri? Jika kamu ingin menjadikan gelang sebagai hadiah untuk orang terdekatmu, akan lebih baik jika kamu bisa membuatnya sendiri. Cara membuat gelang dari tali kur cukup simpel dan mudah bagi kamu yang masih pemula.

Dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Selasa (12/3/2019) berikut beberapa cara membuat gelang dari tali kur yang bisa kamu praktekkan sendiri dengan mudah.

Cara membuat gelang dari tali kur dengan dua warna berbeda

(Sumber: iStockphoto)

Sebelum menyimak cara membuat gelang dari tali kur, ada baiknya jika kamu memerhatikan bahan dan alat apa saja yang perlu dipersiapkan. Bahan dan alat yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:

- 2 tali kur dengan dua warna berbeda (misal merah dan kuning)

- Selotip

- Gunting

- Korek api

 

Setelah menyiapkan alat dan bahan diatas, kamu bisa simak cara membuat gelang dari tali kur dengan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Potong kedua tali tersebut dengan ukuran yang sama panjang.

2. Buat simpul di 1/3 bagian tali merah.

3. Lalu masukkan tali kuning pada simpul tali merah, lalu buat simpul mati.

4. Usahakan panjang tali keduanya sama. Setelah itu buat simpul tali seperti angka 8.

5. Pegang masing-masing tali dengan kedua tanganmu, lalu arahkan tali kanan ke kiri melewati sisi depan tali yang sejajar. Kemudian masukkan tali kiri ke dalam lubang kanan melewati belakang tali yang sejajar.

6. Lakukan berulang mengikuti simpul tadi hingga talinya habis hingga ke ujung.

7. Potong jika ada sisa tali pada bagian tepi menggunakan gunting.

8. Setelah digunting, bakar ujung tali simpul lalu rapikan.

9. Gabungkan dua tali dengan memasukkannya ke dalam tali sejajar pada lubang kecil yang berada di ujung simpul tersebut.

10. Lalu bakar dan rapikan kembali agar simpul tali tidak lepas.

11. Selesai.

Bagaimana, mudah bukan cara membuat gelang dari tali kur?

Kamu bisa membuatnya untuk berbagai warna kesukaanmu dengan cara membuat gelang dari tali kur di atas. Kamu bisa menambahkan beberapa aksesoris pada buatan gelangmu seperti manik-manik, aksesoris hewan lucu, aksesoris kerang dan sebagainya.

Makna gelang yang kini digunakan untuk fashion

Awalnya gelang digunakan oleh orang-orang Amerika Latin sebagai sebuah perlindungan dari gangguan mahkluk jahat. Gelang dipakai khususnya pada bayi. Di benua Eropa dan Asia, gelang dipercaya sebagai perlindungan dari nasib sial dan memberikan keuntungan. Berbeda lagi di Mesir yang menganggap gelang sebagai simbol status dalam kelas sosial.

(Sumber: iStockphoto)

Namun kini, gelang dijadikan salah satu aksesoris pendukung dalam sebuah dunia fashion atau gaya busana. Ada banyak jenis tali yang bisa digunakan untuk membuat gelang. Beberapa jenis tali yang bisa digunakan antara lain:

- Senar Elastis (Elastic Cord)

Biasanya gelang yang menggunakan tali ini akan dilengkapi dengan manik-manik, mutiara sintetis, batu atau keramik agar semakin indah dan menarik. Semakin tebal senar elastis maka semakin berat gelangnya.

- Tali Satin (Rattail Cord)

Tali yang memiliki permukaan berkilau dan halus in ibis disebut juga sebagai tali Cina. Kamu bisa banyak menemukan gelang yang terbuat dari tali satin ini.

- Tali Prusik (Rope/Kernmantle Rope)

Tali prusik memiliki 2 bagian yakni nylon di bagian tengahnya dan pada lapisan luar adalah mantel yang biasanya memiliki beragam warna. Gelang yang terbuat tali prusik biasanya digunakan oleh laki-laki.

- Benang Sulam (Embroidery Floss)

Benang sulam memiliki berbagai merek yang bisa kamu apatkan di toko-toko. Ada benang sulam dari dalam negeri maupun dari luar negeri yang tentu saja harganya berbeda. Tali ini biasanya digunakan untuk membuat gelang persahabatan.

- Tali Suede (Suede Cord)

Talinya yang berbentuk pipih ini terbuat dari bahan sintetis. Bentuknya hampir mirip dengan karet gelang biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Foto Bareng Reino Barack, Tangan Adik Syahrini Jadi Sorotan

Posted: 11 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Syahrini dan Reino Barack masih menikmati momen bersama sebagai pengantin baru. Seperti diketahui, keduanya telah menikah di Masjid Camii Tokyo, Jepang, pada 27 Februari 2019.

Beberapa kerabat dan teman dekat pun diundang oleh kedua pasangan yang tengah berbahagia ini. Salah satunya pelatih boxing Reino Barack, Andre Talabessy.

Andre tak lupa mengabadikan momen Syahrini dan Reino memberi keterangan kepada awak media. Dia berpose bersama orang-orang yang dia anggap luar biasa, termasuk adik dan manager Syahrini, Aisyahrani.

"Bersama orang orang orang yang luar biasa#andreinoboxing #syahreino #reinobarack #restu," tulis Andre Talabessy dikutip Dream, Senin 11 Maret 2019.

Jadi Sorotan

Ternyata unggahan pelatih Reino itu menjadi sorotan publik. Warganet menyoroti tangan Aisyahrani yang diletakkan di paha Reino Barack. Menurut warganet, Rani dianggap kurang sopan karena meletakan tangannya di paha kakak iparnya.

"Tangan, y kk sm asek, sm2 pegang paha, y yg cwo kompak yea," tulis akun @fitrirosida326.

"Masa dia pegang paha ipar nya," kata akun @puputputri_p.

"Nah adek Fatimeh pegang Paha reino jga khannnnn," tulis akun @asmaboti.boti.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarif Batas Bawah Ideal Ojek Online Rp 2.000 per Km

Posted: 11 Mar 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengeluarkan aturan terkait dengan ojek online. Salah satunya yang akan diatur yaitu soal penentuan tarif batas bawah.

Pengamat Ekonomi Digital Fithra Faisal menilai‎, batas bawah tarif untuk ojek online idealnya sebesar Rp 2.000 per kilometer (km). Angka ini naik Rp 600 atau sekitar 43 persen dari tarif rata-rata saat ini sebesar Rp 1.400 per km, yang merupakan nilai tengah batas bawah tarif Go-Jek yaitu Rp1.600 per km dan Grab Rp1.200 per km.

Dia menjelaskan, angka Rp 2.000 per km ini muncul berdasar kajian Research Institute of Socio Economic Development (RISED) terhadap faktor kemampuan membayar, yang menyatakan pengeluaran tambahan per hari yang bisa ditoleransi oleh kebanyakan konsumen tidak melebihi Rp 5.000.

Dengan jarak tempuh rata-rata konsumen per hari sebesar 8,8 km, berarti kenaikan tarif ideal ojek online adalah maksimal Rp 568 per km, sehingga batas bawah tarif naik menjadi Rp 1.968 per km.

"Kenaikan tarif idealnya dibulatkan saja menjadi Rp 600 per km, sehingga batas bawah tarifnya menjadi Rp 2.000 per km. Saya rasa kenaikan ini juga cukup signifikan menguntungkan bagi mitra pengemudi," ujar dia di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Penetapan tarif batas bawah ini tidak perlu menjadi kekhawatiran para pengemudi ojek online, sebab masing-masing aplikator juga penerapan pentarifan dinamis (dynamic pricing) berdasarkan algoritma big data yang memberikan tarif terbaik buat mitra pengemudi.

Artinya tarif akan menyesuaikan secara dinamis, tergantung pada waktu, tempat, dan tinggi rendahnya permintaan serta penawaran yang tersedia.

Hingga saat ini, besaran batas bawah tarif yang akan dipertimbangkan oleh pemerintah berada di kisaran Rp 2.400-Rp 3.000 per km. Batas bawah tarif Rp 3.000 merupakan tuntutan komunitas ojek online Gabungan Aksi Roda Dua (Garda).

 

Penumpang Beralih

Pedagang kaki lima (PKL) dan ojek online memadati kawasan Stasiun Palmerah, Jakarta, Kamis (6/12). Keadaan ini mengganggu arus lalu lintas dan pejalan kaki. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Faisal mengungkapkan, jika mengikuti keinginan mitra pengemudi agar pemerintah mematok tarif batas bawah Rp 3.000 per km, maka mayoritas konsumen sangat berpotensi beralih ke moda transportasi lain yang lebih murah. Termasuk UMKM yang saat ini semakin banyak memanfaatkan jasa pengantaran barang menggunakan ojek online.

"Alih-alih mendapatkan kenaikan pendapatan, mitra pengemudi justru akan menanggung efek negatif dari berkurangnya konsumen. Ini jelas tidak baik bagi ekosistem yang sudah terbangun," kata dia.

‎Faisal memahami keinginan pengemudi agar kesejahteraannya semakin meningkat. Namun jangan sampai pengaturan tarif ini malah diputuskan gegabah sehingga berdampak negatif bagi ekosistem.

"Seluruh pihak harus paham bahwa kelangsungan bisnis digital ini melibatkan sejumlah variabel dalam ekosistem," ungkap dia.

Variabel di dalam ekosistem tersebut adalah aplikator, mitra pengemudi, konsumen, dan pemerintah selaku regulator. Menurut Faisal, semua saling berkaitan dan harus bisa berjalan selaras beriringan, agar ekosistem yang sudah terbangun baik tetap bisa terjaga.

"Jadi, ketika satu variabel dalam ekosistem ini terganggu, maka efek negatifnya langsung terasa pada keseluruhan ekosistem," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: BNN Musnahkan 1,3 Ton Ganja dan 18,6 Kg Sabu

Posted: 11 Mar 2019 10:15 PM PDT

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko, Dubes Sri Lanka untuk Indonesia Dharsana Perera dan Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari menunjukkan barang bukti saat rilis di BNN, Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko, Dubes Sri Lanka untuk Indonesia Dharsana Perera dan Deputi Bidang Pemberantasan BNN Irjen Pol Arman Depari menunjukkan barang bukti saat rilis di BNN, Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Tersangka dihadirkan dalam rilis pemusnahan narkotika di BNN, Jakarta, Selasa (12/3). BNN memusnahkan barang bukti ganja seberat 1,3 ton, sabu seberat 18,6 kilogram, dan ekstasi sebanyak 19.080 butir. (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Tersangka dihadirkan dalam rilis pemusnahan narkotika di BNN, Jakarta, Selasa (12/3). BNN memusnahkan barang bukti ganja seberat 1,3 ton, sabu seberat 18,6 kilogram, dan ekstasi sebanyak 19.080 butir. (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Petugas BNN saat melakukan tes sebelum pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Petugas BNN saat melakukan tes sebelum pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Petugas BNN saat melakukan tes sebelum pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Petugas BNN saat melakukan tes sebelum pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dan Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharsana Perera saat melakukan pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3).   (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko dan Duta Besar Sri Lanka untuk Indonesia Dharsana Perera saat melakukan pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko memberikan keterangan kepada awak media saat rilis pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko memberikan keterangan kepada awak media saat rilis pemusnahan narkotika di Badan Narkotika Nasional (BNN), Jakarta, Selasa (12/3). (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Petugas BNN saat melakukan pemusnahan narkotika di BNN, Jakarta, Selasa (12/3). BNN memusnahkan barang bukti ganja seberat 1,3 ton, sabu seberat 18,6 kilogram, dan ekstasi sebanyak 19.080 butir dari enam kasus yang berbeda. (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Petugas BNN saat melakukan pemusnahan narkotika di BNN, Jakarta, Selasa (12/3). BNN memusnahkan barang bukti ganja seberat 1,3 ton, sabu seberat 18,6 kilogram, dan ekstasi sebanyak 19.080 butir dari enam kasus yang berbeda. (merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Cara Mendekati Wanita yang Ampuh Agar Si Dia Enggak Kabur

Posted: 11 Mar 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memiliki pasangan merupakan hal yang diinginkan oleh setiap orang. Namun untuk mendapatkan seseorang yang didambakan ternyata bukan hal yang cukup mudah. Bagi beberapa orang, mendapatkan sosok pasangan yang diinginkan dibutuhkan usaha khusus, agar bisa mendapatkannya.

Bagi seorang pria, untuk membuat seorang wanita terkesan padanya, mereka akan mencoba segala cara untuk menaklukkan hatinya. Nah, buat kamu yang sedang mendekati seorang wanita dan ternyata dia cukup sulit untuk ditaklukkan, kamu sebagai sosok pria perlu memahami pikiran wanita tersebut. Namun memahami pikiran wanita pun bukan persoalan mudah.

Kamu harus bisa membaca makna di balik perkataannya dan juga bahasa tubuhnya. Namun tak perlu khawatir lagi memikirkannya. Kali ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Minggu (10/3/2019) cara mendekati wanita yang perlu kamu coba.

Cara mendekati wanita yang ampuh

Cukup dengan Menjadi Diri Sendiri

Cara mendekati wanita yang pertama adalah kamu hanya cukup menjadi dirimu sendiri. Ya, untuk membuatnya tertarik padamu, kamu hanya cukup berperilaku sealami mungkin dan tidak berusaha untuk menjadi orang lain di depannya. Kalau sudah begitu, dia akan lebih menghargai perasaan kamu kepadanya.

Percaya Diri

Cara mendekati wanita yang satu ini sangat penting. Kamu hanya perlu memiliki kepercayaan diri yang besar dalam segala halnya baik itu dalam tindakan atau ucapan. Kalau kamu percaya diri, akan lebih terlihat menarik di depan wanita ketimbang kamu yang minder dan pemalu.

Perhatian

Kalau kamu memang menyukai wanita tersebut, tunjukkan hal itu lewat perhatian yang kamu berikan kepadanya. Cara mendekati wanita ini cukup penting pasalnya kaum Hawa sangat suka diberi perhatian. Kamu bisa melakukan bentuk perhatian yang sederhana. Misalnya saja, sempatkan untuk menanyakan bagaimana dia melewati harinya dan berusaha menawarkan bantuan saat dia membutuhkannya.

Langkah mendekati wanita yang tepat

Agak Jahil

Sedikit jahil pada seorang wanita yang kamu sukai tak masalah, loh. Namun jangan terlalu sering, ya. Kalau terlalu sering, sikap kamu akan dianggap mengganggu olehnya. Saat sedang berdua, kamu bisa menggodanya dengan menarik ujung rambutnya dan melakukan hal tak terduga lainnya.

Menjadi Humoris

Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk menaklukkan hatinya. Ya, cara mendekati wanita dengan memiliki rasa humor yang baik dapat membuatnya tertarik kepadamu. Agar bisa menaklukannya, jadilah percaya diri, itu adalah kunci.

Menunjukkan Daya Tarik

Cara mendekati wanita selanjutnya adalah dengan menunjukkan daya tarik. Kamu harus berusaha untuk mengenalnya dari luar dan dalam. Dengan begitu, kamu bisa mengambil sikap yang tepat dalam menunjukkan ketertarikkan kamu kepadanya.

Cara Mendekati Wanita yang Perlu Kamu Hindari

Ilustrasi Pasangan (sumber: Pexels)

Agar seorang wanita terkesan padamu, memang dibutuhkan langkah yang bijak dan tepat. Pasalnya, jika cara mendekati wanita yang kamu gunakan tidak tepat, justru akan berakhir buruk. Bisa saja gebetanmu malah kabur dan merasa ilfeel denganmu. Nah, untuk menghindari hal tersebut, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat mendekati wanita.

Membual

Kalau kamu memiliki banyak prestasi dan aneka ragam kemampuan, sebaiknya tahan diri kamu untuk tidak membual soal itu. Ya, saat kamu membual tentang kemampuan atau prestasi kamu, hal itu bisa membuat wanita menjadi ilfeel.

Pria yang suka membual dipandang sebagai pria pengecut yang tidak memiliki kemampuan apa-apa, selain segala omong kosong yang dikatakannya.

Membanggakan Diri

Meskipun kamu memiliki kemampuan atau prestasi yang baik, jangan terlalu mengumbar itu semua di hadapan wanita yang sedang kamu dekati. Ya, kamu hanya cukup membiarkan dia tahu dengan sendirinya. Karena itu akan membuatnya lebih terkesan padamu.

Tidak Sopan

Wanita sangat menyukai pria yang menunjukkan rasa horma kepadanya. Hal itu harus tercermin dari cara pria memperlakukan si wanita. Misalnya saja, kamu tidak melakukan tindakan atau ucapan yang dapat merendahkan wanita.

Tampak Gugup

Sangat normal kalau kamu merasakan gugup saat mendekati orang yang disukai. Banyak pria yang mengalami masalah seperti ini. Padahal tampak gugup di depan seorang wanita yang ingin kamu dekati justru membuat kamu seperti pria yang lemah dan terlalu lugu. Bukannya malah terkesan, dia justru akan merasa kasihan.

 

Cara yang Sebaiknya Dihindari Saat Mendekati Wanita

 

Terlalu Dini Menyatakan Perasaan

Pendekatan membutuhkan proses yang cukup lama dan menguras kesabaran bagi yang melakukannya. Saat kamu baru saja melakukan pendekatan pada seorang wanita, namun kamu malah terburu-buru menyatakan perasaan terlalu cepat, maka tak heran penolakan pun sering terjadi. Kamu perlu bersabar sampai kamu benar-benar yakin kalau dia sudah menyimpan hati untuk kamu. Di saat itu, kamu baru bisa menyatakan perasaanmu.

Terlalu Sering Memberi Hadiah

Tak ada wanita yang tak menyukai hadiah yang romantis. Tetapi ketika kamu melakukan hal ini secara berlebihan, bisa jadi hadiah-hadiah itu malah membuatnya merasa terbebani. Selain membuat wanita jadi merasa berhutang budi, hadiah yang berlebihan juga memberikan kesan seolah-olah perasaan kamu dangkal, mencoba membeli hatinya dengan materi.

Berpura-pura Menjadi Orang Lain

Menjadi diri sendiri itu merupakan cara mendekati wanita yang terbaik untuk menarik perhatian wanita. Kalau kamu berpura-pura menjadi orang lain, itu tandanya kamu tidak jujur dengan diri sendiri dan orang lain yang kamu cintai.

Humor Jorok

Perlu kamu ketahui untuk mendekati wanita. Bahwa tidak semua wanita suka diberi humor jorok, ya. Mungkin di luar sana ada beberapa wanita yang mempan dengan metode ini, namun tak jarang juga wanita merasa risih dengan humor jorok yang dilontarkan oleh pria.

Nah, itu tadi ragam cara mendekati wanita yang bijak. Gunakan cara yang tepat agar kamu bisa menaklukan hatinya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Begal di Lampung Kerap Beraksi dengan Senjata Tajam Ditangkap

Posted: 11 Mar 2019 10:10 PM PDT

Patroli, Lampung - Polres Kalianda, Lampung Selatan, Lampung menangkap dua orang begal yang kerap beraksi di wilayah Kalianda, Senin, 11 Maret kemarin. 

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (12/3/2019), saat beraksi, kedua pelaku bernama Irwan dan Rahmad menakuti korbannya dengan senjata tajam. Motor korban kemudian dirampas dan dibawa kabur.

Usai mendapat laporan tak perlu waktu lama bagi polisi untuk menangkap keduanya. Motor sebagai bukti rampasan juga ikut disita. 

Atas perbuatannya, kedua pelaku kini dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara. (Muhammad Gustirha Yunas)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belum Ada Sirkuit, Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021?

Posted: 11 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wacana terkait Indonesia bakal menjadi tuan rumah salah satu seri MotoGP pada 2021 mendatang memang sudah berhembus beberapa waktu lalu.

Namun, kepastian tersebut menjadi jelas saat Presiden Joko Widodo resmi menerima Carmelo Ezpeleta, Chief Executive Officer (CEO) Dorna, sebagai penyelenggara balapan sepeda motor paling bergengsi di dunia tersebut, di Istana Bogor, Jawa Barat.

"Saya sampaikan bahwa kita siap," tegas pria yang akrab disapa Jokowi kepada wartawan usai menerima Carmelo dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M. Mansoer, dan beberapa Pembalap MotoGP, Senin (11/3).

Rencananya, MotoGP di Tanah Air ini akan dilangsungkan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kesiapan ini, selain organisasi, juga termasuk infrastruktur untuk penyelenggaraan MotoGP 2021.

Menurut Presiden, kedatangan CEO Dorna itu ingin mendapatkan keyakinan kesiapan Indonesia, baik dalam organisasi maupun infrastruktur menuju ke sana, karena sudah ada tanda tangan kerja sama antara ITDC dan Dorna terkait penyelenggaraan MotoGP 2021 mendatang.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan, menyelenggarakan event sebesar Asian Games yang diikuti peserta dari 35 negara saja kita siap. Karena itu, untuk MotoGP 2021 ini, Presiden Jokowi mengajak semua pihak untuk optimistis.

"Kita harus optimis, harus optimis," tegasnya.

Sirkuit Jalanan

Terkait sirkuit yang akan dibangun, saat ini memang belum rampung. Meskipun begitu, terkait lokasi penyelenggaraan MotoGP 2021 yang merupakan street circuit atau sirkuit jalanan di Mandalika, Jokowi mengatakan rencana tersebut telah dipuji oleh CEO Dorna.

"Pantainya indah dan sirkuitnya itu mepet dengan pantai. Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga, pariwisata juga secara brand akan terangkat dan Mandalika mendapatkan manfaat karena investasi ini," ungkap Presiden Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mengutarakan cinta kepada seseorang memang bukan perkara mudah. Biasanya, untuk mengungkapkan apa yang dirasakan perlu mempersiapkan mental dan kesiapan apakah cintamu akan diterima atau ditolak.

Kamu sendiri pernah enggak sih ditolak cintanya oleh orang yang kamu idam-idamkan? Ya, cinta ditolak itu pasti rasanya bikin patah hati. Tapi, namanya belum jodoh pastinya harus diterima semua keputusannya.

Bicara soal mencari cinta, enggak jarang seseorang rela untuk melakukan hal-hal aneh atau konyol demi mendapat perhatiannya. Mulai dari memberikan perhatian yang berlebih, mencoba mengerti, dan membaca perasaan hati mereka, hingga yang terpenting, membaca kode-kode perasaannya kepada kamu.

Cinta yang bertepuk sebelah tangan memang menyakitkan awalnya. Tapi, ditolak gebetan bukan melulu harus sedih, justru, kita bisa menjadikannya humor segar agar kamu nggak terus larut dalam kesedihan.

Berikut sejumlah chat lucu saat seseorang mengalami penolakan cinta oleh gebetan, seperti merangkum dari berbagai sumber. Siap-siap ketawa geli ya.

1. Benar juga sih, jadi enggak usah dekat-dekat ya

 

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

2. Kesal enggak sih?

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

3. Intinya enggak!

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

4. Jangan berharap lebih ya..

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

5. Gimana maksudnya coba?

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

6. Balasan yang klasik ya

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

7. Sudah enggak usah dilanjutkan lagi

7 Chat Kocak Saat Cinta Ditolak Gebetan, Lucu tapi Bikin Nyesek

Reporter:

Weni Arfiyani

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zinedine Zidane Datang, Real Madrid Tetap Pertahankan Solari

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Zinedine Zidane di Real Madrid membuat posisi Santiago Solari tergusur. Meski demikian, manajemen tetap mengizinkan pelatih asal Argentina itu berada di Los Blancos. 

Solari menangani Real Madrid untuk menggantikan Julen Lopetegui. Pelatih asal Spanyol itu dipecat Real Madrid di awal musim karena tak kunjung mengangkat performa tim ibu kota. 

Namun Solari juga sama. Mantan pelatih tim Castilla itu juga gagal mendongkrak performa Los Blancos. Dalam sepekan, Real Madrid bahkan mengalami kekalahan memalukan di Santiago Bernabeu--dua kali melawan Barcelona dan satu laga melawan Ajax Amsterdam.

Manajemen akhirnya memanggil kembali Zidane. Zidane yang telah mempersembahkan tiga gelar Liga Champions dan satu gelar La Liga dikontrak hingga 2022 mendatang. 

Lalu ke mana Solari?

Meski berasal dari Argentina, Solari sebenarnya sangat dekat dengan Real Madrid. Dia bersama keluarganya sudah tinggal di ibu kota Negeri Matador itu sejak akhir tahun 90-an. 

Karena itu, Real Madrid tidak akan melupakan jasa Solari. Seperti dilansir Marca, Solari masih diizinkan bekerja di klub Real Madrid. Dalam sambutannya, Presiden Real Madrid, Florentino Perez juga menjamin pekerjaan tetap tersedia bagi pelatih 42 tahun itu. 

 

Kesempatan dari Perez

Santiago Solari, pelatih Real Madrid saat laga leg kedua Copa Del Rey 2018-2019 kontra Barcelona di Santiago Bernabeu, Kamis dini hari WIB (28/2/2019). (AFP/Javier Soriano)

Salah satu jabatan yang disediakan bagi Solari berada di akademi usia muda, tempat di mana Solari bekerja sebelum akhirnya ditunjuk menggantikan Lopetegui di Real Madrid. 

"Dia bagian dari klub ini, dia mencintai Real Madrid, ini rumahnya dan dia punya kesempatan untuk tetap di sini jika dia mau," kata Perez dalam sambutan kehadiran Zidane. 

Kembali ke Posisi Awal?

4. Ekspresi pelatih Real Madrid, Santiago Solari saat melawan Real Sociedad pada laga lanjutan La Liga Spanyol yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Senin (7/1). Real Madrid kalah 0-2 kontra Real Sociedad. (AFP/Gabriel Bouys)

Perez memang tidak menyebut posisi yang disediakan bagi Solari. Namun melihat latar belakangnya, Solari kemungkinan bakal dikembalikan sebagai pelatih Real Madrid Castilla. 

Ini merupakan jabatan yang dipegang Solari sebelum ditunjuk sebagai pelatih tim utama Los Blancos, November lalu. Sejak ditinggal Solari, posisi itu ditempati oleh Manolo Dรญaz.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lion Air Setop Sementara Operasional Boeing 737 Max 8, Ini Kata Pengamat

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lion Air Group sebagai maskapai yang memiliki pesawat Boeing 737 Max 8 terbanyak di Indonesia, menghentikan sementara pengoperasian (temporary grounded) 10 pesawat Boeing 737 Max 8. Hal ini menyusul jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines Boeing 737 Max 8.

Penghentian ini juga diperkuat dengan kebijakan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk inspeksi larang terbang sementara pesawat terbang Boeing 737 Max 8 di Indonesia.

Pengamat Penerbangan, Alvin Lie menilai, keputusan Kementerian Perhubungan untuk melarang terbang sementara pesawat Boeing 737 Max 8 sudah tepat. Mengingat, semua pengguna dari Max 8 akan mempertimbangkan dan mencermati lebih jauh hasil penyelidikan dari kecelakaan tersebut.

"Maka itu perlu langkah-langkah seperti yang diambil oleh Kementerian Perhubungan untuk sementara melarang terbang Max 8 di Indonesia. Dan ternyata kebijakan Kementerian Perhubungan ini diikuti Singapura juga mengumumkan melarang terbang bahkan melarang Max 8 mendarat di China," kata Alvin saat dihubungi merdeka.com, Selasa (12/3/2019).

Anggota Ombudsman ini juga menghargai keputusan Lion Air sebagai pemilik terbanyak Boeing 737 MAX 8 untuk tidak menerbangkan pesawat jenis ini. Apalagi, pihak Lion Air masih memprioritaskan keselamatan untuk para penumpangnya.

Kecelakaan pesawat ini pun mengingatkan akan jatuhnya pesawat Lion Air JT 610 di perairan Tanjung Pakis, Karawang pada 29 Oktober 2018. Sebab, pesawat yang digunakan Ethiopian Airlines sama dengan Lion Air, yakni Boeing 737 MAX 8.

"Saya menghargai Lion Air mengutamakan keselamatan dan rela tidak menerbangkan MAX 8-nya walaupun itu berdampak kerugian financial tapi Lion Air mengutamakan keselamatan dan ketenangan penumpangnya. Kerugian pasti ada tapi bagi maskapai penerbangan keselamatan itu merupakan prioritas yang tidak dapat ditawar," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

China Pembeli Terbanyak

Ilustrasi pesawat Boeing 737 Max 8 (AFP/Stephen Brashear)

Seperti diketahui, tdak hanya Lion Air, Dilansir pada laman Bloomberg, sebagai salah satu negara yang memiliki banyak pesawat Boeing, pemerintah China meminta seluruh maskapai negerinya untuk tidak menggunakan pesawat tersebut. Ini karena terancamnya keselamatan rakyat China.

Berdasarkan data dari Boeing Website, China merupakan pembeli terbanyak Boeing 737 MAX 8 yaitu 20 persen dari 737 pengiriman pesawat di seluruh dunia sejak Januari.

Ada tujuh maskapai China yang menggunakan pesawat Boeing 737 Max 8 dalam maskapainya. Seperti, Air China sebanyak 14 pesawat.

Selain itu, China Eastern 13 pesawat, China Southern 16 pesawat, Hainan Airlines 7 pesawat, Shandong Airlines 6 pesawat, Shenzen Airlines 5 pesawat, dan Xiamen Airlines 9 pesawat. Jadi total keseluruhan Boeing 737 Max 8 yang ada di China saat ini ada 70 pesawat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mobil Dinas Hengky Kurniawan Siap untuk Antar Jemput Pengantin Tiap Minggu

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang bingung mencari mobil pengantin gratis? Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan menawarkan solusi.

Ia menyediakan mobil dinasnya yang bermerek Toyota Fortuner sebagai kendaraan bagi pengantin secara gratis. Namun, kesempatan itu hanya berlaku bagi mereka yang mengajukan proposal lebih dulu ke kantor Wakil Bupati.

"Untuk warga Bandung Barat, mobil dinas Wabup siap antar jemput pengantin khusus di hari Minggu," tulis Hengky dalam akun Instagram pribadinya @hengkykurniawan, Minggu, 10 Maret 2019.

Tak hanya mobil, pasangan pengantin yang beruntung bisa mendapatkan sopir gratis untuk mengantarkan mereka ke tempat acara. Namun, pastikan Anda sudah mengirim undangan terlebih dulu.

"Bagi yang daftar lebih awal/duluan, kita prioritaskan karena jumlah mobil dinas hanya satu," ujarnya.

Tak hanya menyiapkan mobil pengantin gratis, Hengky juga menyempatkan diri untuk datang ke pesta pernikahan warganya. Dalam salah satu video, ia mengenakan batik bermotif mega mendung mendatangi rumah warga yang mengundangnya.

Tidak hanya satu, tetapi dua pernikahan sekaligus dalam sehari. Bahkan pada salah satu acara, ia menjadi saksi pernikahan tersebut.

"Selamat kepada kedua mempelai yang hari ini menikah. Semoga pernikahanya langgeng sampai maut memisahkan. Pasanganmu adalah pakaianmu," tulis Hengky lagi.

Ia mengingatkan agar setiap suami istri saling menutupi aib masing-masing. Menurut dia, sehebat apapun seseorang, ketika sudah berumah tangga, kekurangan dan kelemahannya akan sangat diketahui pasangannya.

"Di sinilah seorang suami harus menutupi aib istrinya dan seorang istri juga harus menutupi aib suaminya. Bukan sebaliknya," katanya lagi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesetiaan SBY Beri Semangat Ani Yudhoyono untuk Tetap Makan

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Singapura Perjuangan Ani Yudhoyono melawan kanker darah memang tak mudah. Sakit yang dideritanya kerap membuat nafsu makan menurun dan sering menolak makanan.

Berkat dukungan dari sang suami, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani dapat dikonsumsi. Tubuh perlu asupan gizi yang cukup demi melawan sel-sel kanker. Hal ini juga memastikan tubuh terjaga kesehatannya selama perawatan kanker darah yang dijalani Ani.

Potret dukungan SBY agar Ani Yudhoyono tetap bisa mengonsumsi makanan terlihat dalam sebuah unggahan foto. Di akun Instagram pribadinya, Ani menuliskan:

"Saat sedang sakit, badan kita sering menolak makanan. Namun, tubuh membutuhkan asupan gizi yang besar agar kita bisa menang melawan sel-sel jahat kanker. Berkat support dari suami tercinta, makanan pun bisa dikonsumsi."

Foto tersebut diunggah pada 11 Maret 2019. Dalam unggahan foto, Ani yang sedang dirawat di National University Hospital, Singapura duduk di sofa. Sebuah meja di depan Ani tersaji makanan dan minuman. 

Bentuk dukungan SBY kepada Ani untuk bersemangat makan terlihat dari gaya tubuh SBY. Tangan kanan SBY memegang pundak Ani. Sebagai respons, Ani pun menatap SBY.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Optimis untuk sembuh

Susilo Bambang Yudhoyono menemani Ani Yudhoyono saat menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura (Dok.Instagram/@aniyudhoyono/https://www.instagram.com/p/Buf_1_JBfGt/Komarudin)

Kesetiaan SBY menemani Ani juga terlihat dalam unggahan foto sebelumnya. Sebuah pesan cinta SBY yang diunggah di akun Ani pada 8 Maret 2019. Pesan tersebut disampaikan SBY kepada Ani pada 6 Maret 2019

Isi pesan agar Ani tetap optimis sembuh dengan cara berdoa dan ikhtiar.

SBY, 6 Maret 2019 : "Memo, dari dulu kita tergolong orang yang optimistis. Kalau yang lain bisa sembuh, insya Allah Memo juga bisa sembuh." 

Insya Allah Nurul, Ikhlasul, Jumaila, Aisyah, Sri Rahayu dan kita semua juga bisa sembuh.  Tetap semangat untuk semua pejuang kanker dan jangan lupa untuk terus berikhtiar dan berdoa. 

Semoga kita diberikan kesembuhan seperti sedia kala oleh Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin. Let's fight cancer together!" pesan SBY dalam unggahan foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ayo Daftar, KPUD Garut Butuh Ribuan Anggota Panitia Pemilu 2019

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Garut, Jawa Barat membutuhkan hingga 72.514 orang anggota panitia Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) , pada pencobolosan pemilu yang akan dilangsungkan 17 April mendatang.

"Pendaftaran terakhir hari ini," ujar Nuni Nurbayani, Komisioner KPUD Garut Divisi SDM dan Sosdiklih Parmas, saat dikonfirmasi Selasa (12/3/2019).  

Menurutnya, sesuai dengan tahapan jadwal penerimaan anggota KPPS, lembaganya telah membuka sosialisasi hingga rekruitmen anggota baru sejak 28 Februari lalu, dan berakhir penetapan yang akan diumumkan pada 27 Maret mendatang.

Untuk pileg dan pilpres tahun ini, jumlah anggota KPPS yang dibutuhkan KPUD Garut mencapai 72.514 orang, angka itu berasal dari kebutuhkan 7 orang setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mencapai 8.056 titik atau sebanyak 56.392 orang.

Plus tambahan anggota linmas masyarakat setempat yang berjumlah dua orang tiap TPS atau sekitar 16.112 orang untuk seluruh Garut. "Seluruh warga yang memenuhi syarat dan ketentuan silahkan mendaftar," pinta dia.

Nuni menyatakan, seleksi anggota KPPS tahun ini terbilang ketat, selain harus memenuhi sejumlah persyaratan yang telah ditentukan, lembaganya bakal mengeliminasi anggota KPPS yang telah dua kali menjabat.

"Kami juga akan meminta masukan masyarakat apakah terafiliasi sama parpol atau tidak," kata dia.

Selain itu, lembaganya meminta agar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terus melakukan komunikasi dan monitoring terhadap seluruh calon anggota KPPS yang akan mendaptarkan diri. "Kami minta mereka kaku terhadap aturan dan taat azas," kata dia.

Untuk itu, bagi seluruh calon anggota KPPS yang berminat mengisi slot panitia yang dibutuhkan, lembaganya meminta agar mereka memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

"Kami tidak bisa negoisasi dan terus melakukan pembersihan penyelanggara, agar pemilu ini hasilnya bisa dipertanggung jawabkan," kata dia.

Dengan upaya tersebut, ia berharap seluruh anggota KPPS yang berhasil direkrut bisa menjalankan seluruh aturan dan ketentuan yang berlaku, sehingga menghasilkan pemilu yang berkualitas. "Intinya mereka harus netral dan menjalankan aturan yang berlaku," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selamat, Celine Evangelista Hamil Lagi

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Celine Evangelista dan Stefan William selalu tampak harmonis dan diliputi kebahagiaan. Keduanya juga jauh dari gosip miring seputar masalah dalam rumah tangga.

Kebahagiaan Celine Evangelista dan Stefan William juga semakin bertambah berkat kehadiran anak keempat bintang sinetron Cinta Suci itu, atau yang kedua dari pernikahan bersama Stefan William.

Melalui Instagram, Celine Evangelista dan Stefan William mengumumkan keduanya bakal segera memiliki anak kedua.

Bahkan, pesinetron cantik kelahiran Roma, Italia, ini mengajak ketiga anaknya untuk ikut mengumumkan kabar bahagia ini.

 

 

Menanti Anak Keempat

Celine Evangelista mengumumkan kehamilan anak keempat (https://www.instagram.com/p/Bu3tegklpZI/)

Berpose di tangga, mereka tampak sangat bahagia untuk segera menyambut kelahiran anggota baru dalam keluarganya.

Bersamaan dengan diunggahnya foto tersebut, Celine Evangelista juga menuliskan keterangan foto yang berbunyi, "Baiklah. Menanti anak ke-4. Thank God!" tulisnya.

 

Pegang Foto USG

Stefan William dan Celine Evangelista (https://www.instagram.com/p/Bu3uqqOAE3u/)

Nggak mau kalah dari istrinya, Stefan William juga membuat pengumuman serupa dalam akun Instagram-nya. Bintang sinetron Anak Langit ini memilih untuk menyebarkan berita baik itu hanya berdua dengan Celine Evangelista. 

Sambil memegang hasil foto USG calon bayinya, Stefan William pun mengungkapkan, "Terima kasih Tuhan. Bertambah lagi berkat dari-Mu. @celine_evangelista." (Kapanlagi.com/ Soraya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: TKN Yakin Ma'ruf Unggul Telak dari Sandiaga

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta TKN Jokowi-Ma'ruf yakin debat cawapres yang akan segera dilaksanakan bakal dimenangkan oleh Ma;ruf Amin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NASA Bakal Bangun Atsmofer Buatan di Mars

Posted: 11 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - NASA menginisiasi gagasan kolonisasi manusia ke planet Mars.

Kali ini, sekelompok ilmuwan Badan Antariksa Amerika Serikat tersebut, berencana menciptakan dinding magnet raksasa untuk bisa membangun kembali lapisan atmosfer Planet Merah agar layak huni.

Seperti diketahui, Mars merupakan planet yang permukaannya tandus dan memiliki atmosfer yang tipis.

Namun, peneliti percaya bahwa planet tersebut bisa 'direkayasa' dengan cara membangun dinding magnet di lapisan atmosfer. Mereka menyebutnya dengan nama "magnetosphere".

Dinding magnet berfungsi untuk melindungi planet dari radiasi partikel solar dan kosmik.

Selain itu, ia juga berperan untuk menciptakan efek rumah kaca yang mampu menghasilkan cairan yang turun ke permukaan tanah planet.

Berdasarkan analisis peneliti, Mars sebetulnya sudah memiliki magnetosphere, namun menipis dan menghilang sejak tiga miliar tahun lalu.

"Atmosfer tebal yang ada di planet perlahan memudar karena diterpa badai matahari. akibatnya, kandungan air yang ada di atmofer menguap dan sisanya membeku," kata seorang peneliti seperti dikutip Tekno Liputan6.com dari Mirror, Selasa (12/3/2019).

Dinding tersebut juga akan menciptakan dua 'kutub' yang nantinya akan menciptakan sirkuit elektrik yang dapat menghasilkan area magnet buatan.

Nanti, setelah bertahun-tahun Mars baru bisa membangun kembali lapisan atmosfernya secara perlahan.

Saat ini, rencana tersebut masih tertuang dalam proposal Planetary Science Vision 2050 Workshop.

Bisa jadi, rencana ini baru bisa diimplementasikan pada 2050 mendatang.

 

Peneliti Temukan Bakteri Asing di Gurun Mars

Wahana jelajah Mars, Opportunity, menyudahi penyelidikan terhadap planet merah selama 15 tahun terakhir (AP Photo)

Seorang peneliti belum lama menemukan bakteri asing dari tanah yang digalinya di lingkungan mirip Mars, Gurun Atacama, di Chili.

Beberapa bakteri yang ditemukan peneliti bernama Zoe itu, bahkan belum tercatat oleh ilmu pengetahuan.

"Temuan ini penting karena sebagian besar ilmuwan sepakat bahwa setiap kehidupan di Mars menghindari kehidupan keras di mana radiasi tinggi, suhu rendah, dan kekurangan air membuat hidup terasa sulit," kata ahli biologi Yale-NUS College, Singapura, Stephen Pointing, seperti dikutip Dream dari Science Alert, Senin (11/3/2019). 

Seperti diketahui, Mars lebih kering ketimbang bumi. Kondisi semacam itu mirip dengan Gurun Atacama.

Di gurun tersebut, hujan tidak turun selama beberapa dekade. Tapi pada tahun lalu, untuk pertama kalinya, kehidupan mikroba ditemukan tumbuh subur di permukaannya.

Permukaan Mars, seperti yang ditunjukkan Stephen, lebih keras ketimbang permukaan Gurun Atacama.

Tetapi ketika Zoe mengebor untuk mengambil inti sampel hingga kedalaman 80 sentimeter, dia menemukan mikroba bawah permukaan yang menunjukkan cara suatu mahluk bertahan hidup.

"Kami melihat bahwa semakin dalam tanah, ditemukan komunitas bakteri yang didominasi oleh bakteri yang dapat tumbuh subur di tanah yang sangat asin dan basa," ujar dia.

Semakin Dalam Semakin Unik

Foto yang diabadikan oleh satelit milik Badan Antariksa Eropa (ESA) menangkap gambar kawah bersalju di Planet Mars. (ESA)

Stephen menyebut, sekelompok bakteri yang bertahan dengan metabolisme metana ditemukan di kedalaman 80 sentimeter.

"Ini sangat menarik karena menunjukkan bahwa di bawah permukaan Gurun Atacama mendukung mikroba yang sangat khusus yang dapat tumbuh subur di tanah seperti Mars," tambahnya.

Bakteri yang memetabolisasikan metana, katanya, adalah yang paling menarik.

Bakteri itu cukup jauh di bawah permukaan, dan memiliki kemampuan untuk menggunakan substrat yang dikenal berlimpah di Mars.

Rencananya, Zoe akan menggali lebih dalam contoh tanah di gurun tersebut. Zoe akan mengebor tanah hingga kedalaman 2 meter untuk mencari contoh bakteri.

Dari hasil temuan sementara ini, tim dari Yale-NUS juga juga menyusun ide tentang di mana untuk memulai pengeboran di Mars.

 

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Realme 3 Penuhi Kebutuhan Anak Muda dengan Unibodi Bergradasi dan Baterai 4230 mAh

Posted: 11 Mar 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Realme meluncurkan seri terbarunya di Indonesia, yaitu realme 3. Suksesor realme 2 ini akan menyapa generasi muda di Indonesia pada Selasa (12/3/2019). Menyasar pasar anak muda, smartphone ini hadir dengan spesifikasi terbaik di kelasnya dan tentunya harga yang kompetitif.

Salah satu spesifikasi yang ada di realme 3 adalah prosesor MediaTek Helio P60. Prosesor ini menggabungkan daya dan kinerja inti prosesor yang cepat dengan unit pemrosesan yang dibuat khusus untuk aplikasi Artifical Intelligence (AI).

Hasilnya, chipset MediaTek Helio P60 memungkinkan pengguna untuk mendeteksi wajah, mengidentifikasi obyek dan pemandangan, memiliki pengalaman gaming yang smooth, dan memotret secara berkualitas. Cocok banget untuk generasi milenial yang suka traveling, fotografi, dan main games.

"Kami akan membawa versi global realme 3 menggunakan prosesor MediaTek Helio P60 ke Indonesia. Dipasangkan dengan ColorOS versi terbaru di realme 3 yang merupakan sistem operasi sederhana dan ringan, smartphone ini memberikan keseimbangan performa antara software dan hardware serta gaya dan harga yang terbaik di segmennya," ujar Direktur Marketing realme Asia Tenggara, Josef Wang.

Lanjutnya, realme merupakan merek yang fokus menghadirkan smartphone dengan nilai terbaik untuk kaum muda. Pihaknya ingin kaum muda di Indonesia memiliki smartphone dengan kinerja terbaik, spesifikasi yang baik di kelasnya, dan desain yang penuh gaya.

Meski memiliki kinerja yang cepat, pengguna tak perlu khawatir akan mengalami boros baterai. Pasalnya, realme 3 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar hingga 4.230 mAh. Menjadikan smartphone ini memiliki masa aktif yang lebih lama daripada ponsel kebanyakan.

Desain unibodi bergradasi

Dari segi desain, realme 3 memiliki desain yang nyaman dilihat dan nyaman digenggam. Guna memberikan sensasi nyaman ketika digenggam, realme 3 memilih konsep injeksi yang sudah terintegrasi dan menghilangkan bingkai tengah. Jadi, hanya ada satu lapisan antara bodi dan layar. Dengan hilangnya bingkai tengah dan garis samping yang begitu tipis, smartphone ini jadi lebih tipis dan ringan.

Selain nyaman digenggam, realme 3 juga nyaman dipandang karena pilihan warnanya yang menarik. Ada dua pilihan warna yang tersedia, yaitu Dynamic Black dan Radiant Blue. Setiap pilihan warnanya memiliki gradasi sehingga terlihat kian kekinian.

Dynamic Black merupakan perpaduan warna ungu dan hitam. Melihatnya bagaikan melihat langit malam yang penuh bintang. Indah dan elegan. Smartphone ini pun dapat menambah gaya siapa pun yang memiliknya.

Sementara itu, Radiant Blue memiliki gradasi warna biru dan hijau. Menariknya, warna ini juga diberi lapisan silver di bawahnya yang dapat menimbulkan efek cermin. Menjadikannya begitu modern dan elegan.

Fitur kamera mumpuni

Realme memahami betul kebutuhan anak muda akan pengalaman fotografi yang berkesan. Kebutuhan generasi milenial yang ingin dapat menghasilkan foto ciamik pada malam hari dijawab oleh realme 3 dengan fasilitas Nightscape.

Fitur ini didukung oleh bantuan AI serta sinergi multi-frame dan algoritma anti-shake, sehingga mampu meningkatkan kualitas gambar dalam cahaya redup. Selain itu, Nightscape juga dapat mengurangi noise yang kerap muncul di foto malam hari secara efektif.

Fitur kamera lain yang tak kalah spesial di realme 3 adalah mode Chroma Boost. Mode ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan efek gambar, warna, dan gaya foto yang lebih baik. Pasalnya, mode Chroma Boost didukung dengan teknologi AI yang mampu mengenali dan mengoptimalkan pemandangan dalam foto sesuai rentang dinamis yang lebih besar. Fitur ini juga mampu memperkaya detail di bagian yang disorot seta membuat bayangan dan eksposur lebih seimbang.

Di menu kamera realme 3, pengguna juga dapat menemukan mode time lapse, slow-mo, pano, dan expert.

Secara keseluruhan, realme 3 dibuat berdasarkan riset lapangan yang luas dan interaksi mendalam dengan konsumen. Bagi mereka, smartphone bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga perangkat dasar untuk bersosialisasi, hiburan, bekerja dan belajar. Selain itu, desain tampilan ponsel juga dianggap sebagai simbol kepribadian mereka. Apabila kamu tertarik memilikinya, silakan tunggu kehadirannya pada 12 Maret 2019.

Dapatkan kabar terbaru dan informasi lebih lanjut tentang realme 3 melalui akun Facebook resmi realme Indonesia di facebook.com/realmeIndonesia dan akun Instagram resmi realme Indonesia di Instagram.com/realmeindonesia, atau kunjungi link ini untuk informasi lebih detail.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPU Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019

Posted: 11 Mar 2019 09:56 PM PDT

Ketua KPU Arief Budiman (dua kanan) bersama  Komisioner KPU menunjukkan surat suara saat akan mencoblos dalam simulasi Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman (dua kanan) bersama Komisioner KPU menunjukkan surat suara saat akan mencoblos dalam simulasi Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman (dua kanan) bersama  Komisioner KPU melakukan pencoblosan saat menggelar simulasi Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman (dua kanan) bersama Komisioner KPU melakukan pencoblosan saat menggelar simulasi Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman memasukkan surat suara saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3).  Simulasi untuk merepresentasikan pemungutan suara seperti di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman memasukkan surat suara saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). Simulasi untuk merepresentasikan pemungutan suara seperti di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyandang disabilitas melakukan pencoblosan saat ikut simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3).  Simulasi untuk merepresentasikan pemungutan suara seperti di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyandang disabilitas melakukan pencoblosan saat ikut simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). Simulasi untuk merepresentasikan pemungutan suara seperti di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyandang disabilitas memasukkan surat suara ke dalam kotak saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3).  Simulasi untuk merepresentasikan pemungutan suara di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyandang disabilitas memasukkan surat suara ke dalam kotak saat simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). Simulasi untuk merepresentasikan pemungutan suara di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komisioner KPU mencelupkan jari ke tinta usai melakukan pencoblosan  dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3).  Simulasi merepresentasikan pemungutan suara di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Komisioner KPU mencelupkan jari ke tinta usai melakukan pencoblosan dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). Simulasi merepresentasikan pemungutan suara di TPS. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU menunjukkan jari bertinta usai mencoblos dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ketua KPU Arief Budiman (kanan) bersama Komisioner KPU menunjukkan jari bertinta usai mencoblos dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Minta Hakim Tolak Keberatan Ratna Sarumpaet dan Lanjutkan Persidangan

Posted: 11 Mar 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jaksa Penuntut Umum (JPU) menanggapi nota keberatan pengacara terdakwa Ratna Sarumpet atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (12/3/2019).

Dalam persidangan, Jaksa Penuntut Umum, Payaman menyatakan menolak nota keberatan pengacara terdakwa seluruhnya. Ia berpendapat, materi eksepsi melampaui batas ruang lingkup eksepsi atau dengan kata lain telah masuk ke dalam pokok materi perkara.

Karenanya, Payaman meminta Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memberikan putusan sela.

"Menyatakan surat Dakwaan Penuntut Umum register perkara Nomor: PDM-21/JKTSEL/Euh.2/02/2019 tanggal 21 Februari 2019 adalah sah. Dan menyatakan pemeriksaan terhadap perkara ini tetap dilanjutkan," pinta Jaksa.

Sebelumnya, salah satu materi eksepsi yang disampaikan pengacara terdakwa Ratna Sarumpaet, yakni tentang dakwaan JPU. Ia menilai JPU telah keliru menggunakan Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Selain itu, surat dakwaan jaksa tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap sehingga tak memenuhi pasal 143 huruf b KUHAP.

Dalam tanggapan, JPU justru balik bertanya. "Apakah surat dakwaan yang tidak cermat atau pengacara terdakwa yang tidak cermat memahami dakwaan," ucap Payaman.

Ia mengatakan, bahwa surat dakwaan yang telah dibacakan dihadapan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan sudah diuraikan secara cermat, jelas dan lengkap yang disusun secara alternatif.

 

Pasal Dakwaan

Dakwaan kesatu Pasal 14 ayat (1) UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana atau dakwaan kedua Pasal 28 ayat (2) jo 45A ayat (2) UU No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

"Untuk itu kami meminta Majelis hakim menolak materi eksepsi terdakwa," ujar dia.

Persoalan lain yang ditanggapi JPU terkait dakwaan yang dianggap keliru oleh pengacara.

Saat itu, pengacara pasal menyatakan pasal yang menjerat Ratna Sarumpaet masuk dalam delik materil dan yang diperhatikan dalam hukum tersebut adalah akibat yang terjadi dari suatu perbuatan yakni keonaran. Sementara, pengacara mengatakan, keonaran tidak pernah terjadi.

Menjawab hal itu, Jaksa pun berpandangan, terlalu dini menyatakan perbuatan terdakwa tidak menimbulkan keonaran. Dia kembali bertanya.

"Apakah alasan-alasan yang dibangun masih dalam ruang lingkup keberatan terhadap dakwaan atau justru bentuk penggiringan opini yang sengaja diciptakan guna mempengaruhi proses persidangan yang sedang berlangsung," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bakal Bangun dan Revitalisasi 1.037 Pasar Rakyat di 2019

Posted: 11 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masih menjalankan program pembangunan dan revitalisasi pasar di 2019. Tahun ini, Jokowi akan membangun dan merevitalisasi pasar rakyat sebanyak 1.037 unit.

Jokowi menjelaskan, pembangunan dan merevitalisasi pasar rakyat ini menjadi dasar utama dalam pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan. Dengan demikian, kekuatan ekonomi Indonesia bisa lebih stabil.

"Saya apresiasi Kementerian Perdagangan yang sudah membangun lebih dari 4.200 pasar tradisional. Artinya perhatian kita ke pasar dalam empat tahun ini betul-betul nyata, kita perbaiki fisik dan manajemen," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (12/3/2019).

Dari data yang disampaikan, pada 2015 hingga 2018, setidaknya sudah terbangun dan terevitalisasi pasar rakyat sebanyak 4.211 unit. Hingga akhir 2019, ditargetkan total pasar yang dibangun dan direvitalisasi mencapai 5.248 unit pasar rakyat. Adapun total anggaran yang diperlulan pembangunan semua pasar rakyat ini mencapai Rp 12,47 triliun.

Jumlah ini, dikatakan Jokowi belum termasuk pembangunan pasar desa. Dalam empat tahun ini, setidaknya sudah tebangun 8.900 unit pasar desa.

"Hati-hati, pasar rakyat ini penting sekali ke depan. Pasar harus bersih ada tempat parkir, tidak becek, tidak bau, ada tempat parkir. Kalau tidak ada ini, jangan harap pasar itu ramai," tegasnya.

 

Hadapi Kemajuan Teknologi

Presiden Joko Widodo berbincang dengan pedagang sayuran ketika memantau kebutuhan bahan pokok di Pasar Bogor, Jalan Roda, Kota Bogor, Selasa (30/10). Jokowi ingin memastikan langsung harga bahan kebutuhan pokok di pasar (Liputan6.com/HO/Biro Pers Setpres)

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo meminta kepada seluruh pengelola pasar rakyat dan pemangku kepentingan untuk mempesiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi. Dia ingin, pasar rakyat di Indonesia memiliki aplikasi pemasarannya.

Pengembangan pemasaran dengan menggunakan aplikasi ini merupakan bentuk pengembangan online demi meningkatkan omset dan kesejahteraan para pedagang itu sendiri. Selain itu, dengan berbasis teknologi seperti ini juga memudahkan masyarakat dalam berbelanja.

"Saya ingatkan, hati-hati. Saya minta pasar kita juga harus bangun sistem online dan juga perbaiki sistem offline. Sehingga pasar rakyat punya marketplace, punya platform untuk menyiapkan menuju era digital," kata Jokowi.

Untuk sisi offline, Jokowi meminta kepada pemerintah daerah untuk membantu para UMKM atau para pedagang dalam pengembangan produk-produk yang dijual di pasar. Pengembangan ini mulai dari pengemasan hingga branding produk itu sendiri.

Dicontohkannnya, selama ini dalam APBD anggaran untuk pengemasan produk unggulan dinilai masih sangat minim. Diharapkan anggaran seperti ini bisa lebih banyak setiap tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kapal Nelayan Pulau Seribu Terbakar, Tiga Tewas

Posted: 11 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah kapal nelayan senin (12/3/2019) malam terbakar di Kepulauan Seribu. 3 dari 17 nelayan tewas terbakar, Tim SAR mengevakuasi korban tewas maupun selamat ke beberapa dermaga terdekat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 9 Parpol yang Potensial Lolos ke Senayan Versi Survei Voxpol

Posted: 11 Mar 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Voxpol Center Research and Consulting menyelenggarakan survei nasional terkait tingkat elektabilitas partai politik (parpol) peserta Pemilu 2019. Hasilnya menunjukkan hanya sembilan parpol yang potensial lolos ambang batas parlemen atau parliamentry threshold sebesar 4 persen.

"Dari 16 partai politik yang disurvei, hanya sembilan partai politik yang berpotensi lolos dan sukses melampaui ambang batas parlemen 4 persen," kata Direktur Eksekutif Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

PDI Perjuangan, sambung dia, merupakan partai yang memperoleh elektabilitas tertinggi yaitu 26,5 persen. Posisi kedua ditempati Partai Gerindra dengan tingkat elektabilitas sebesar 14,2 persen, diikuti Partai Golkar dengan elektabilitas 10,6 persen.

Posisi empat, lanjut Pangi, yaitu PKB dengan 8,4 persen, selanjutnya Partai Demokrat dengan elektabilitas 6,7 persen, dan Partai Nasdem 5,5 persen.

"Di posisi ketujuh adalah PKS dengan elektabilitas sebesar 4,9 persen, PAN dengan elektabilitas sebesar 4,5 persen, dan PPP partai yang terakhir kemungkinan lolos PT 4 persen yang berada pada posisi ke sembilan dengan elektabilitas sebesar 4,1 persen," ungkap Pangi.

 

7 Parpol Gagal ke Senayan

Selain itu, menurut dia, survei Voxpol juga menunjukkan ada tujuh partai politik yang kemungkinan gagal melewati ambang batas. Yaitu tiga partai lama dan empat partai baru.

Dia menjelaskan elektabilitas Perindo hanya 3,5 persen, Partai Hanura memperoleh elektabilitas sebesar 1,1 persen, PBB sebesar 0,8 persen, Partai Berkarya sebesar 0,7 persen, PSI sebesar 0,5 persen, PKPI sebesar 0,4 persen dan Partai Garuda dengan perolehan tingkat elektabilitas sebesar 0,3 persen.

"Sementara dalam survei elektabilitas partai tersebut, yang belum memutuskan pilihan partai atau undecided voters masih di angka 7,3 persen," ujarnya.

Pangi menjelaskan berdasarkan data survei tersebut menunjukkan bahwa belum ada satu pun partai baru yang berhasil melampaui ambang batas parlemen, itu artinya parlemen masih akan dikuasai partai wajah lama.

Namun menurut dia, dari beberapa partai baru yang ikut meramaikan kontestasi elektoral Pilpres 2019, Perindo adalah salah satu partai baru yang paling potensial menembus ambang batas parlemen dengan tingkat probabilitas masih cukup tinggi.

"Namun efektivitas mesin partai Perindo harus terus tumbuh secara merata, tetap masih punya kans sedikit lagi bisa berpeluang melewati jebakan ambang batas parlemen karena sudah mulai mendekati angka range margin of error," katanya.

Menurut dia, peluang Perindo bisa melewati angka ambang batas parlemen masih terbuka lebar karena soal kesetiaan perilaku pemilih cair dan rendahnya Partai ID di Indonesia membuat angka massa mengambang atau swing voters masih cukup tinggi.

Voxpol Center mengadakan survei pada tanggal 24 Februari-6 Maret 2019 yang dilakukan melalui pemilihan responden secara acak atau multistage random sampling.

Tingkat kesalahan atau margin of error kurang lebih 2,98 persen dengan melibatkan 1.220 responden di seluruh provinsi di Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas dengan selang kepercayaan survei ini adalah 95 persen.

Setiap responden terpilih diwawancarai dengan metode wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih secara khusus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Poster dengan Photoshop, Ini Teknik Dasarnya

Posted: 11 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti mengenal poster. Poster merupakan salah satu karya seni atau produk desain grafis untuk mevisualisasikan sebuah pesan tertentu.

Poster biasa digunakan sebagai alat promosi, edukasi, publikasi, sosialisasi, dan masih banyak lagi. Poster biasnaya ditempel di dinding atau permukaan datar lainnya dengan tujuan mencari perhatian mata sekuat mungkin. Saat ini dengan didukung sosial media, publikasi dari poster-poster makin massif dilakukan

Poster biasanya dibuat semenarik mungkin untuk menarik mata banyak orang, oleh sebab itu pemilihan warna dan visualisasi perlu diperhatikan. Saat ini sudah para desainer grafis yang membuka jasa pembuatan poster.

Biaya yang dipatok untuk sebuah poster juga tak main-main. Hal ini karena poster juga merupakan seni dan pembuatannya memerlukan konsep yang matang. Untuk membuat poster secara digital juga diperlukan kemampuan mengoperasikan software tertentu seperti Corel Draw atau PhotoShop. Aneka software ini tak semua orang dapat mengoperasikannya.

Photoshop sendiri merupakan salah satu software yang sering digunakan untuk membuat poster. Cara membuat poster dengan Photoshop juga terbilang mudah dan dapat dipelajari dengan cepat. Berikut teknik dasar cara membuat poster dengan Photoshop yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (12/3/2019).

 

Cara membuat poster dengan Photoshop: Membuat Dokumen Baru

Cara membuat poster dengan Photoshop yang pertama adalah mulai dengan membuat dokumen baru. Tekan Ctrl + N dan atur ukuran dokumen sesuai ukuran yang kamu inginkan. Jangan lupa memberi nama dokumenmu.

Jika kamu akan mencetak postermu, kamu memerlukan resolusi tinggi setidaknya 300dpi dan kamu harus menggunakan mode warna CMYK.

Cara membuat poster dengan Photoshop: Membuat Layers dan Menyisipkan Gambar

Agar dapat secara efisien dan efektif bekerja dengan Photoshop kamu akan memerlukan pemahaman yang kuat tentang layer. Sumber daya dalam bagian ini memberikan panduan untuk bekerja dengan lapisan di Photoshop, serta gaya lapisan, lapisan pelindung dan lapisan penyesuaian.

Kegunaan Layers pada Photoshop adalah untuk menyimpan semua objek yang terpisah maupun tergabung (merged). Jika objek pada Layers berada diatas, berarti objek tersebut berada di permukaan di antara tumpukan objek lainnya, begitupun sebaliknya.

Karena dokumen awal yang kamu buat di Photoshop terkunci sebagai background, maka kamu harus membuka kuncinya dengan melakukan double klik pada layer objek yang terseleksi atau dengan menekan simbol kunci gembok pada opsi Lock yang berada di dalam tab Layers.

Kamu dapat menyisipkan gambar atau foto agar poster lerlihat lebih menarik. Kamu juga bisa menentukan warna background dengan cara memilih atau mengklik ikon warna yang ada pada tools Photoshop.

Cara membuat poster dengan Photoshop: Memanfaatkan Tools

Sebuah poster biasanya memiliki teks. Pilih Horizontal Type Tools untuk menambahkan teks. Kamu juga dapat memilih font sesuai keinginanmu, memberi warna dan efek tertentu. Untuk mengatur warna pilih opsi Blending.

Photoshop memiliki tools yang sangat efektif untuk pengolahan dan penyuntingan gambar, beberapa diantaranya dapat mengedit gambar semaksimal mungkin. Berikut beberapa toolsnya:

1. Move tool: berfungsi untuk memindahkan sebuah object atau layer yang satu ke layer yang lainnya. Berfungsi juga untuk menggeser layer yang telah kita pilih pada halaman kerja photoshop sesuai posisi yang kita inginkan.

2. Rectangular Marquee tool: berfungsi untuk menseleksi sebuah object dalam bentuk kotak.

3. Elips Marquee tool: berfungsi untuk menseleksi sebuah object dalam bentuk lingkaran.

4. Lasso tool: berfungsi untuk menseleksi sebuah objek dengan bebas sesuai gerakan mouse.

5. Polygonal Lasso tool: berfungsi untuk menyeleksi sebuah objek berbentuk garis lurus yang dapat dibentuk sudutnya. Cara membuat sudutnya dengan mengklik kiri sesuai dengan yang di inginkan.

6. Magnetic Lasso tool: berfungsi untuk menseleksi sebuah object dengan bebas yang akan membuah sebuah titik-titik (otomatis) yang mengikuti pola warna. Titik-titik seleksi juga dapat secara manual dengan mengklik kiri.

7. Magic Wand tool: berfungsi untuk menyeleksi pada warna yang sama. misalnya pada halaman kerja photoshop kita ada warna hitam dan hijau. Ketika kita mengklik dibagi warna hijau maka warna hijau yang terseleksi akan tetapi warna hitam tidak. Jika ingin menseleksi warna hitam maka tekan shift+klik kiri pada warna hitam. (shortcut W).

8. Crop dan Slice Tool: untuk memotong objek sesuai kebutuhanmu

9. Eyedropper Tool: digunakan untuk mengetahui atau memilih warna pada objek.

10. Spot Healing Brush: berfungsi untuk menghilangkan noda noda pada sebuah objek gambar yang biasanya digunakan untuk menghilangkan noda di wajah.

11. Clone Stamp Tool: digunakan untuk mengkloning sebuah gambar. Yaitu dilakukan 2 kali pengklikan. Pertama pilih sampel yang ingin di kloning dengan alt+click kemudian arahkan pada target kloning dengan klik kiri.

12. Pattern Stamp Tool: digunakan untuk melukis gambar dengan pola yang diinginkan dengan pola yang telah dipilih di option bar.

13. Eraser Tool: digunakan untuk menghapus gambar atau layer dengan cara mengklik kiri.

14. Background Eraser Tool: berfungsi untuk menghapus gambar sehingga menjadi transparan.

15. Magic Eraser Tool: berfungsi untuk menghapus gambar pada cakupan warna yang sama.

16. Blur Tool: berfugsi untuk memberi efek blur pada gambar (memburamkan gambar)

17. Sharpen Tool: berfungi untuk mempertajam di area tertentu pada gambar.

 

Cara membuat poster dengan Photoshop: Menyimpan File

Cara membuat poster dengan Photoshop yang terakhir adalah menyimpan file. Kamu bisa menyimpannya dengan format PSD untuk dapat diedit kembali dengan pintasan ctrl+s. Kamu juga bisa menyimpannya dalam bentuk JPEG, PNG, atau lainnya dengan dengan pintasan ctrl+alt+ s.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jung Joon Young Bagikan Rekaman Mesum dari Kamera Tersembunyi ke Teman-Teman?

Posted: 11 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Skandal rekaman mesum yang diambil lewat kamera tersembunyi kini ikut menyeret penyanyi Jung Joon Young. Ia disebutkan sebagai salah satu rekan artis yang berada dalam satu chatroom dengan Seungri Bigbang.

Dilansir dari Soompi, Selasa (12/3/2019), investigasi dari SBS menemukan sejumlah pesan teks yang berasal dari chateoom ini pada 2015.

Dalam salah satu pesan, Jung Joon Young menyebutkan bahwa ia baru saja melakukan hubungan seks. Salah satu orang dalam chatroom ini yang disebut sebagai Tuan Kim, bertanya apa ia punya videonya.

Jung Joon Young lantas membagikan sebuah video berdurasi tiga detik tentang hubungan intim tersebut. Disebutkan juga bahwa Jun Joon Young dengan bangga mengatakan video ini ia rekam secara sembunyi-sembunyi.

Bagikan ke Grup

Jung Joon Young baru bisa dihubungi lantaran tengah menjalani syuting Law of The Jungle. Kamis (2/11/2017), tim Law of The Jungle dan pihak agensi, C9 Entertainment akhirnya berhasil menghubunginya. (Instagram/sun4finger)

Dalam laporan ini, SBS melaporkan bahwa ada sepuluh korban rekaman video mesum dari kamera tersembunyi ini. Selain Jung Joon Young, seorang seleb yang disebut sebagai Tuan Choi juga membagikan video serupa dalam chatroom ini.

SBS memperkirakan jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah.

Investigasi SBS ini diperkuat dengan laporan terbaru Dispatch. Media ini menyebut Jung Joon Young memiliki lebih lebih dari 10 grup dan sejumlah pesan langsung di mana ia membagikan rekaman ilegal ini.

10 Rekaman

Sikap undur diri Jung Joon Young awalnya diizinkan oleh pihak agensi karena menghargai keputusan Jung Joon Young, sekaligus memberikan waktu kepadanya untuk berkaca diri. (Instagram/sun4finger)

Chatroom milik pelantun "Spotless Mind" ini terbagi dalam dua grup. Satu grup untuk tujuan bisnis dan salah satunya anggotanya adalah Seungri, dan grup lainnya berisi teman yang tak dekat dengan Seungri. Ada dua penyanyi berbeda yang tergabung dalam masing-masing grup tersebut.

Salah satu partner bisnis Seungri, Tuan K, disebut bekerja sama dengan Jung Joon Young merekam video mesum tersebut. Setidaknya ada 10 rekaman tersembunyi yang mereka ambil dalam waktu 10 bulan. Salah satu korbannya adalah seorang trainee.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kotak Hitam Ethiopian Airlines Ditemukan

Posted: 11 Mar 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Addis Ababa - Dua perekam data penerbangan dari Ethiopian Airlines ET 302 ditemukan pada Senin 11 Maret 2019, sehari setelah pesawat nahas itu jatuh dan menewaskan 157 orang di dalamnya pada Minggu kemarin.

Digital Flight Data Recorder (DFDR) dan Cockpit Voice Recorder (CVR) dari pesawat tersebut telah ditemukan dari puing-puing pesawat, Ethiopian Airlines mengatakan dalam sebuah pernyataan, dilansir CNN, Selasa (12/3/2019).

Dua temuan itu akan memungkinkan para penyelidik dan ahli mengumpulkan data tentang saat-saat terakhir penerbangan demi membantu menjelaskan mengapa penerbangan ET 302 yang menggunakan Boeing 737 MAX 8 baru bisa jatuh hanya beberapa menit setelah lepas landas.

Penerbangan ET302 ke Nairobi baru saja berangkat dari ibukota Ethiopia, Addis Ababa, Ahad ketika melaporkan masalah teknis dan meminta izin untuk kembali. Burung besi itu tak pernah tiba. Pesawat dengan nomor registrasi ET-AVJ itu berakhir di sebidang tanah di dekat kota Bishoftu, yang berjarak 62 kilometer tenggara Addis Ababa.

Dengan investigasi yang sedang berlangsung, beberapa negara telah menangguhkan penggunaan pesawat baru Boeing 737 MAX 8 di tengah kekhawatiran tentang keselamatannya.

Pada Senin 11 Maret, Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok memerintahkan agar semua jet Boeing 737 MAX 8 penerbangan domestik turun dari udara pukul 18.00 waktu setempat, karena prinsipnya "toleransi nol untuk bahaya keselamatan."

China memiliki salah satu armada Boeing 737 MAX 8 terbesar di dunia, yang mengoperasikan 97 pesawat, menurut media yang dikelola pemerintah.

Langkah itu diikuti oleh pengumuman dari Ethiopian Airlines bahwa maskapai mengandangkan seluruh armada Boeing 737 MAX 8 sebagai "tindakan pencegahan ekstra."

Cayman Airways juga mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan mengandangkan "pesawat Boeing 737 MAX 8 baru ... hingga informasi lebih lanjut diterima."

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia juga memerintahkan semua pesawat Boeing 737 MAX 8 akan dikandangkan Senin, "untuk memastikan bahwa pesawat yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi layak terbang."

Kecelakaan hari Minggu kemarin menandai kedua kalinya dalam waktu kurang dari enam bulan bahwa sebuah pesawat Boeing baru telah jatuh hanya beberapa menit dalam penerbangan. Penerbangan Lion Air JT 610 berpesawat Boeing 737 MAX 8 jatuh di atas Laut Jawa pada Oktober lalu, menewaskan 189 orang di dalamnya.

Kedua crash sedang diselidiki. Tidak ada bukti hubungan antara keduanya, tetapi kesamaan dalam insiden telah mendorong kehati-hatian di beberapa maskapai.

Ethiopian Airlines milik negara adalah salah satu kelompok penerbangan terkemuka di Afrika, dan maskapai terbesar di benua ini dengan jumlah penumpang.

Pemerintah Kenya dan Ethiopia mengumumkan tim tanggap bencana bersama pada hari Senin untuk menyelidiki kecelakaan itu. Sekretaris Kabinet Kenya untuk Transportasi James Macharia menggambarkannya sebagai "penyelidikan yang sangat kompleks."

Dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, Boeing mengatakan "sangat sedih" mendengar tentang hilangnya nyawa dalam kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines.

"Tim teknis Boeing akan melakukan perjalanan ke lokasi kecelakaan untuk memberikan bantuan teknis di bawah arahan Biro Investigasi Kecelakaan Ethiopia dan Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS," kata pernyataan itu.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Penyelidikan Tengah Berlangsung

Pesawat Ethiopian Airlines (AFP/Jenny Vaughan)

Penerbangan Ethiopian Airlines ke Nairobi, di Kenya, kehilangan kontak dengan pihak berwenang pukul 08.44 waktu setempat 10 Maret 2019, hanya beberapa menit setelah meninggalkan Bandara Internasional Bole.

Tewolde GebreMariam, CEO Ethiopian Airlines, mengatakan pada konferensi pers pada hari Minggu bahwa pilot telah melaporkan kesulitan teknis dan telah diberikan izin untuk kembali ke ibukota Ethiopia.

Seorang saksi mata mengatakan kepada CNN bahwa mereka melihat asap datang dari pesawat sebelum jatuh pada hari Minggu.

GebreMariam mengatakan pemeriksaan pemeliharaan rutin tidak mengungkapkan apa pun sebelum tinggal landas. Pilot, Yared Getachew, adalah penerbang senior Ethiopian Airlines yang terbang lebih dari 8.000 jam. Dia memiliki "rekor terbang yang sangat baik," menurut CEO Tewolde GebreMariam.

"Karena ini adalah insiden baru, kami belum dapat menentukan penyebabnya. Seperti yang saya katakan, ini adalah pesawat baru tanpa komentar teknis, diterbangkan oleh pilot senior dan tidak ada alasan yang dapat kami atributkan saat ini," kata GebreMariam.

Berbicara pada hari Senin, Menteri Transportasi Kenya Macharia mengatakan kerabat para korban akan diberikan "perhatian penuh," termasuk akomodasi dan penerbangan ke Ethiopia, jika perlu.

Badan Keselamatan Transportasi Nasional AS, pada Minggu, mengatakan akan mengirim tim beranggotakan empat orang untuk membantu penyelidikan kecelakaan itu.

Pakar penerbangan, Richard Quest, mengatakan "kesimpulan akhir" tentang penyebab kecelakaan itu mungkin akan keluar beberapa tahun lagi, informasi dari perekam penerbangan harus diambil dalam hitungan minggu.

Pada hari Senin, Boeing mengeluarkan pernyataan yang mengatakan mereka tidak berencana untuk mengeluarkan panduan baru "pada titik ini" sebagai tanggapan terhadap kecelakaan itu, dan mencatat bahwa "penyelidikan sedang dalam tahap awal."

"Keselamatan adalah prioritas nomor satu kami dan kami mengambil setiap langkah untuk sepenuhnya memahami semua aspek kecelakaan ini, bekerja sama dengan tim penyelidik dan semua pihak berwenang yang terlibat. Penyelidikan ini masih dalam tahap awal, tetapi pada titik ini, berdasarkan pada informasi yang tersedia, kami tidak memiliki dasar untuk mengeluarkan pedoman baru kepada operator," kata Charlie Miller, wakil presiden komunikasi untuk Boeing.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar: Tira-Persikabo vs Persebaya di Piala Presiden 2019

Posted: 11 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai menentukan hadir pada laga penutup Grup A Piala Presiden 2019. Tira-Persikabo dan Persebaya Surabaya berebut status juara grup di Stadion Si Jalak Harupat, Selasa (12/3/2019).

Kedua tim sama-sama memiliki enam angka dari dua pertandingan Piala Presiden tahun ini. Persebaya sedikit di atas angin karena memimpin produktivitas gol.

Artinya, Bajul Ijo bisa mempertahankan posisi teratas dengan bermain imbang pada pertandingan nanti. Meski begitu, mereka tetap menargetkan tiga poin.

"Kami ingin menang supaya juara grup. Target kami bukan imbang, dalam pertandingan apapun saya ingin tim ini menang. Seperti yang sudah saya sampaikan, kalau juara grup kami akan menjadi tuan rumah dan bermain di Surabaya," ucap pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman.

Live streaming Piala Presiden antara Tira-Persikabo vs Persebaya dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming pada halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk live streaming Tira-Persikabo vs Persebaya, silakan klik di sini...

Perkiraan Pemain:

Tira Persikabo (4-4-2): Angga Saputra (kiper); Vava Mario, Herwin Tri Saputra, Khurshed Beknazarov, Abduh Lestalulu (belakang); Guntur Triaji, Parfait Essengue, Wawan Febrianto, Rezki Ikhwan (tengah); Loris Arnaud, Ciro Henrique (depan).

Pelatih: Rahmad Darmawan

Persebaya (4-3-3): Imam Arief Fadillah (kiper); Abu Rizal Maulana, Mokhamad Syaifuddin, Andri Muliadi, Novan Sasongko (belakang); Muhammad Hidayat, Fandi Eko Utomo, Damian Lizio (tengah); Irfan Jaya, Amido Balde, Manuchehr Jalilov (depan).

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kesepakatan Brexit Beri Tenaga ke Rupiah

Posted: 11 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) menguat pada perdagangan Selasa ini. Pergerakan pasar uang dunia pada hari ini akan sangat fluktuatif, terutama mata uang pound sterling terhadap dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Selasa (12/3/2019), rupiah dibuka di angka 14.253 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.291 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus menguat ke 14.242 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.241 per dolar AS hingga 14.291 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah masih menguat 1,03 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.251 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.324 per dolar AS.

Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi di Jakarta, Selasa, mengatakan dolar AS terkoreksi disebabkan penguatan pound sterling seiring meningkatnya harapan pasar akan tercapainya kesepakatan terkait Brexit.

"Memang kemarin May dan presiden komisi Eropa bilang mereka sudah ada kesepakatan. Jadi istilahnya pasar sudah berekspektasi tinggi terhadap kesepakatan Brexit," ujar Dini.

Menurut dia, pergerakan pasar uang hari ini akan sangat fluktuatif, terutama mata uang pound sterling terhadap dolar AS.

"Pergerakan pasar keuangan diperkirakan bakal sangat volatile tinggi hari ini, dari pergerakan GBP-USD khususnya yang akan berpengaruh ke dolar. Kekuatan dolar pasti berpengaruh ke rupiah," kata Dini.

BI Nilai Rupiah Masih Terlalu Murah

Teller menunjukkan uang dolar dan rupiah di penukaran uang di Jakarta, Junat (23/11). Nilai tukar dolar AS terpantau terus melemah terhadap rupiah hingga ke level Rp 14.504. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Gubernur BI, Perry Warjiyo, mengatakan nilai tukar rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ke depannya masih berpotensi untuk terus menguat.

"Nilai tukar rupiah ke depan akan bergerak stabil dan rupiah saat ini masih undervalued," kata Perry saat ditemui di Mesjid BI, Jakarta, Jumat 22 Februari 2019.

Perry mengungkapkan ada 4 faktor yang akan menjadi pendorong stabilitas rupiah di tahun ini. 

"Jadi ke depan stabilitas rupiahakan didukung oleh 4 hal, yakni masuknya aliran modal asing tambah suplai valas (valuta asing) dalam negeri ,kedua fundamental ekonomi lebih baik dari sisi pertumbuhan,inflasi rendah dan CAD yang juga menurun," ujarnya.

Selain itu, kenaikkan suku bunga AS atau FFR yang dilakukan oleh The Fed tidak akan seagresif tahun lalu. Hal itu membuat posisi Rupiah semakin aman di pasar.

"Tentu saja ketiga FFR yang kan lebih rendah semula 3 kali, kemudian diturunkan 2 kali dan diperkirakan tahun ini hanya naik 1 kali FFR," jelasnya.

Terakhir adalah mekanisme pasar yang dinilai semakin membaik.

"Keempat mekanisme pasar yang terus semakin baik, baik di swap, dan DNDF (Domestic Non Deliverable Forward)," tutupnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya Soal Reino Barack, Luna Maya: Aku Sudah Tutup Buku...

Posted: 11 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Luna Maya sudah mulai aktif di panggung hiburan. Sepekan terakhir, Luna Maya mengisi waktunya dengan menjalani ibadah umrah.

Seperti yang terlihat saat Luna Maya tampil di program acara Suka-Suka Sore-Sore yang dibawakannya bersama Melaney Ricardo dan Ayu Dewi.

Pada episode kali ini, Luna Maya menjadi sorotan utama. Judul dari program yang juga dibawakan oleh Melaney Ricardo dan Ayu Dewi itu pun 'Welcoming Luna Maya' sebagai tanda selamat datang dari mereka.

Selain itu, juga hadir pengacara Hotman Paris Hutapea yang menjadi bintang tamu. Bersama, mereka membicarakan beberapa hal mengenai Hotman Paris dan Luna Maya.

 

 

Penasaran

Luna Maya (https://www.instagram.com/p/Bu3VE4wgrJF/)

Sambil duduk di kursi, Hotman Paris menjawab beberapa pertanyaan dari Melaney Ricardo dan Ayu Dewi. Mereka membahas tentang sifat Hotman Paris yang suka menggoda perempuan selain istrinya.

Setelah itu Hotman Paris mendapatkan giliran bertanya dan ia mengajukannya kepada Luna Maya. Pengacara kondang ini ternyata penasaran dengan kapan tepatnya Luna Maya dan Reino Barack putus.

 

Tutup Buku

Luna Maya (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Kata Nikita Mirzani, Syahrini dan Reino dekat mulai Juni. Jadi sebenarnya, kapan tepatnya kamu dan Reino Barack putus?" tanya Hotman Paris.

Mendengar pertanyaan dari Hotman, Luna Maya tampak sangat terkejut. Sempat terdiam, namun kemudian Luna Maya menjawab pertanyaan dari pengacara yang juga dekat dengan Syahrini ini. 

"Sebenarnya, kapan kau putus dari Reino Barack?" tanya Hotman. "Aku nggak mau jawab karena aku sudah tutup buku," jawab Luna Maya singkat. (Kapanlagi.com/ Wulan Noviarina)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Latih Raeal Madrid, Zidane Senang 'Kembali ke Rumah'

Posted: 11 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Zinedine Zidane akhirnya kembali ke pelukan Real Madrid. Sempat memutuskan mundur di awal musim, Zidane kembali ke Bernabeu setelah sembilan bulan absen melatih.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS Bikin Penasaran

Posted: 11 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kamu pasti pernah mendengar istilah GPS atau Global Positioning System. Berkat GPS, kini dengan menggunakan smartphone dengan akses internet, kamu bisa mengetahui posisi dimana kamu sedang berada.

Namun, tahukah kamu siapa penemu teknologi GPS? Sayangnya, banyak yang tidak tahu jika GPS ditemukan oleh seorang perempuan.

Ya, dia adalah Gladys West. Sosoknya dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

Artikel di atas, menjadi artikel terpopuler kanal Tekno Liputan6.com edisi Senin (11/3/2019). 

Selain itu, ada dua artikel lain yang tak kalah populernya, yakni soal gelaran LG InnoFest 2019 yang mengusung tema kunci kecerdasan buatan dan kisah bocah 14 tahun yang menciptakan reaktor nuklir sendiri.

Lebih lengkap, simak rangkuman ketiganya berikut ini.

1. Ini Dia Sosok Rahasia di Balik Terciptanya GPS

Ya, dia adalah Gladys West. Sosoknya dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat.

West bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada 1950-an hingga 1960-an.

Kiprah sekelompok perempuan cerdas ini pernah diangkat dalam film berjudul Hidden Figures. Sayang, sosok West tak tampil dalam film drama ini.

Dikutip dari The Hill, sebagai pakar matematika, West bekerja dengan dunia militer sebelum masuknya sistem gelombang elektronik.

West masuk ke penelitian di bidang militer pada 1956. Di tahun itu pula dia meraih penghargaan karena meneliti keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus.

Selengkapnya baca di sini

2. Kecerdasan Buatan Jadi Kunci LG InnoFest 2019 di Sydney

Perusahaan asal Korea Selatan, LG Electronics kembali menggelar hajatan tahunan LG InnoFest. Kali ini, acara tersebut digelar di Sydney, Australia, 11-14 Maret 2019.

LG InnoFest 2019 digadang-gadang akan menampilkan sejumlah teknologi cerdas dengan berfokus untuk meningkatkan gaya hidup pengguna.

"LG InnoFest 2019 akan menekankan teknologi pintar yang dapat meningkatkan gaya hidup masyarakat. Ini akan menjadi acara spesial untuk merayakan pencapaian dan kontribusi kami sepanjang tahun ini," ujar Steve Song, Asia Regional CEO LG Electronics via email, Senin (11/3/2019).

Festival teknologi tingkat Asia Pasifik tersebut memamerkan sejumlah produk LG yang dibekali kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang diimplementasikan oleh platform terbuka, ThinQ.

Selengkapnya baca di sini

3. Keren, Bocah 14 Tahun Ciptakan Reaktor Nuklir Sendiri

Ada bocah asal Memphis, Tennessee, Amerika Serikat(AS), yang berbeda dengan anak kebanyakan.

Jika anak seusianya menghabiskan waktu dengan bermain video game atau melihat televisi, bocah bernama Jackson Oswalt ini punya kesibukan sendiri.

Kesibukannya bahkan melampaui usianya. Bocah berusia 14 tahun tersebut, berhasil membangun reaktor nuklir mini yang diletakkan di ruang bermain di rumahnya.

Dikutip dari Science Alert, Oswalt dijuluki sebagai insinyur nuklir termuda. Dia mulai membangun reaktor nuklir mandirinya sejak berusia 12 tahun.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berpengalaman di Parlemen, Ma'ruf Amin Diyakini Unggul dalam Debat Cawapres

Posted: 11 Mar 2019 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Johnny G Plate yakin calon wakil presiden Ma'ruf Amin akan memperlihatkan keunggulannya di debat antar cawapres 17 Maret 2019 mendatang. Sebab, kata dia, Ma'ruf sudah memiliki pengalaman sebagai anggota parlemen.

"Debat cawapres baru nanti kelihatan ya keunggulan-keunggulannya Kiai Ma'ruf dengan pengalaman yang panjang pemimpin organisasi kemasyarakatan, dengan pengalaman yang panjang di parlemen mengambil bagian di dalam kebijakan publik," kata Plate, Selasa (12/3/2019).

Menurut Plate, Ma'ruf akan lebih menguasai materi debat cawapres. Alasannya, Ma'ruf Amin sudah pernah terlibat langsung dalam pengambilan keputusan-keputusan untuk kepentingan publik saat di parlemen.

"Ya yang tahu bagaimana kondisi sosial psikologi pasti jauh lebih unggul dengan yang tidak punya pengalaman pengambilan kebijakan publik," ungkapnya.

Sedangkan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno, dinilai Plate belum memiliki pengalaman yang mumpuni dibidang kebijakan publik. Hal itu, kata dia, berbanding terbalik dengan pengalaman Ma'ruf Amin.

"Mas Sandi kan pengalamannya mikro PT perusahaan sangat kecil, nah tapi dari segi gagasan kebangsaan nya nanti di uji dalam debat," ujarnya.

Pendekatan Berbeda

"Nah saya kita dalam debat itu itu nanti akan terlihat dua pendekatan yang sangat berbeda yang satu pendekatannya pendekatan makro kebangsaan yang satu sangat mikro, lapangan pekerjaan, lapangan pekerjaan yang mikro sifatnya," ucapnya.

Diketahui debat antar cawapres 17 Maret mendatang mengusung tema pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Debat tersebut rencananya juga akan dilaksanakam di Hotel Sultan, Jakarta Selatan.

 

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali ke Real Madrid, Zidane Langsung Kerja

Posted: 11 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zinedine Zidane akhirnya kembali ke Real Madrid. Setelah sembilan bulan meninggalkan Santiago Bernabeu, pelatih yang memberikan tiga gelar Liga Champions kepada Los Blancos itu dipanggil lagi untuk membenahi skuat tim ibu kota yang saat ini tengah porak-poranda. 

Zidane tidak punya waktu banyak. Setelah menandatangani kontrak hingga 2022, pelatih asal Prancis itu segera menjalankan tugasnya. "Saya tahu ini hari yang spesial bagi saya. Saya sangat senang kembali ke sini dan itu hal yang paling penting," kata Zidane. 

"Saya akan bekerja besok untuk mengembalikan klub ini ke tempat seharusnya," katanya. 

Zidane dan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, tampil di hadapan media, Senin sore  (11/3/2019) waktu setempat. Acara tersebut juga dihadiri petinggi Real Madrid lainnya. Zidane tampil semi formal dengan mengenakan jas berwarna abu-abu dipadu dengan jins. Zidane ditemani istrinya, Veronique yang tampil anggun dengan baju terusan putih. 

"Ada yang harus segera diubah," kata mantan pemain Juventus tersebut menambahkan. 

Zidane pertama kali menangani Real Madrid pada tahun 2016 lalu. Selama  menangani Los Blancos, Zidane mempersembahkan gelar La Liga (2016-17) dan tiga gelar Liga Champions (2015-16, 2016-17 dan 2017-18). Selain itu Zidane juga sukses menghadirkan trofi lain seperti Piala Dunia Antarklub 2016 dan 2017 serta Super Copa Espana musim 2017.

Namun langkah mengejutkan diambil mantan kapten timnas Prancis itu usai mengantar Real Madrid meraih gelar Liga Champions musim lalu. Dia memutuskan mundur dari jabatannya. Ketidakcocokan dengan Presiden Madrid, Florentino Perez diduga kuat jadi penyebabnya. 

Hengkangnya Zidane kemudian diikuti oleh Cristiano Ronaldo. Pemain asal Portugal itu juga memilih bergabung dengan Juventus setelah sembilan tahun memperkuat Los Blancos. 

Sejak saat itu, Real Madrid tidak stabil. Sempat ditangani mantan pelatih timnas Spanyol, Julen Lopetegui, Los Blancos tetap limbung. Lopetegui kemudian dipecat dan digantikan oleh Santiago Solari. Bukannya bertambah baik, Real Madrid semakin terpuruk. Puncaknya adalah kegagalan Real Madrid melaju ke babak perempat final Liga Champions 2018/19. Los Blancos yang menang 2-1 dari Ajax Amsterdam di leg pertama babak 16 besar harus tersingkir setelah kalah 1-4 pada leg kedua yang berlangsung justru di kandang sendiri. 

 

Alasan Kembalinya Zidane

Veronique menemani Zinedine Zidane pada konferensi pers kembali suaminya ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid, Senin (11/3/2019). (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Dalam keterangan kepada wartawan, Zidane mengaku bahwa keputusan meninggalkan Real Madrid adalah untuk memberi perubahan. Tidak hanya terhadap dirinya, tapi juga tim. 

"Sekarang saya kembali karena presiden memanggil saya dan karena saya sangat mencintai Real Madrid. Senang bisa kembali lagi," beber pria berdarah Aljazair tersebut. 

 

Tanggung Jawab Besar

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane menyaksikan para pemainnya berlatih di Madrid, Spanyol (10/4). Pada leg pertama Real Madrid menang telak atas Juventus 3-0. (AP Photo/Paul White)

Bagi Zidane, menangani Real Madrid bukan pekerjaan mudah. Menurutnya, tantangan itu penuh tanggung jawab. Meski demikian, kecintaannya terhadap Real Madrid membuat Zidane optimistis mampu mengembalikan kejayaan rival abadi Barcelona tersebut.  

"Saya mencintai sepak bola ddan saya tidak pernah melupakan apa yang pernah kami menangkan, tapi saya juga tidak melupakan hal buruk yang kami lakukan seperti tersingkir dari Copa dan kegagalan di liga. Itu akan saya bawa semua untuk membuat tim lebih baik."

Sumber: Marca

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunangan, Jennifer Lopez Inginkan Ini dari Alex Rodriguez

Posted: 11 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Setelah dilamar Alex Rodriguez, Jennifer Lopez langsung menggantungkan harapan pada pria yang berhasil mencuri hatinya itu.

"Jennifer lebih bahagia dari sebelumnya dan sangat senang membuat (hubungannya) resmi dengan anak-anaknya dan anak-anak Alex," ujar seorang sumber dekat Jennifer Lopez, dikutip dari laman E!News.

Dengan hubungan yang mengarah ke jenjang lebih serius ini, Jennifer Lopez pun berharap jika nantinya Alex akan menjadi ayah yang baik untuk anak-anaknya.

"Jennifer jatuh cinta pada Alex dan beharap dia akan menjadi ayah tiri yang luar bisa untuk anak-anaknya," lanjut sumber tadi.

 

Dukungan Anak Jennifer Lopez

Jennifer Lopez mengaku bahwa anak-anaknya dan Alex Rodriguez sudah dekat. (instagram/arod)

Sejak awal berpacaran, anak-anak Jennifer Lopez maupun Alex Rodriguez memang sangat mendukung hubungan dua orang dewasa itu. Seiring dengan jalannya hubungan mereka, Alex dan Jennifer Lopez pun memberikan perhatian yang sama besar kepada anak-anak mereka, layaknya dua insan yang telah bersatu dalam ikatan pernikahan.

Terkait lamaran Alex kepada Jennifer Lopez, penyanyi 49 tahun itu tak menyangka jika sang kekasih telah menyiapkan banyak hal istimewa untuk meminangnya. Bahkan dilaporkan jika Alex menyiapkan semua persiapan lamarannya sendiri.

 

Cincin Berlian

Cincin tunangan Jennifer Lopez dan Alex Rodrigues. (dok. Instagram @jlo/https://www.instagram.com/p/Buzz2LMg92D/Asnida Riani)

"Meskipun perjalanan ke Bahama ini telah direncanakan selama beberapa minggu, (namun) teman-teman Alex tak tahu bahwa ia akan melamarnya akhir pekan ini. Alex menyimpan semua detil seputar cincin lamarannya sendiri," tukas sumber tadi.

Alex Rodriguez akhirnya melamar Jennifer Lopez setelah dua tahun berpacaran. Cincin berlian yang nilainya diperkirakan US$ 1 juta (Rp 14,2 miliar) itu pun jadi tanda ikatan hubungan mereka yang semakin kuat. (Fimela.com/ Lanny Kusumastuti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi Ingin Pasar Rakyat Punya Aplikasi Pemasaran

Posted: 11 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pengelola pasar rakyat dan pemangku kepentingan untuk mempesiapkan diri dalam menghadapi perkembangan teknologi. Dia ingin, pasar rakyat di Indonesia memiliki aplikasi pemasarannya.

Pengembangan pemasaran dengan menggunakan aplikasi ini merupakan bentuk pengembangan online demi meningkatkan omset dan kesejahteraan para pedagang itu sendiri. Selain itu, dengan berbasis teknologi seperti ini juga memudahkan masyarakat dalam berbelanja.

"Saya ingatkan, hati-hati. Saya minta pasar kita juga harus bangun sistem online dan juga perbaiki sistem offline. Sehingga pasar rakyat punya marketplace, punya platform untuk menyiapkan menuju era digital," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang Selatan, Selasa (12/3/2019).

Untuk sisi offline, Jokowi meminta kepada pemerintah daerah untuk membantu para UMKM atau para pedagang dalam pengembangan produk-produk yang dijual di pasar. Pengembangan ini mulai dari pengemasan hingga branding produk itu sendiri.

Dicontohkannnya, selama ini dalam APBD anggaran untuk pengemasan produk unggulan dinilai masih sangat minim. Diharapkan anggaran seperti ini bisa lebih banyak setiap tahunnya.

Dengan dibangun kekuatan pasar dari sisi offline dan juga online ini, dia yakin, omset di setiap pasar-pasar rakyat akan meningkat.

"Itu kalau disambungkan nasional, ada marketplace di tingkat nasional, akan menjadi keuatan besar. Tidak hanya fisiknya tapi juga omzet meningkat di pasar rakyat itu sendiri," tambah Jokowi.

"Kalau nasional sudab ketemu, bisa kita sambungkan ke global marketplace. Sehingga jaringan ini ke depan perlu disiapkan semuanya," pungkas dia. 

Revitalisasi Pasar Dinilai Langkah Tepat Geliatkan Ekonomi Rakyat

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melihat-lihat sayuran saat blusukan di Pasar Minggu, Jakarta, Jumat (22/2). Kehadiran Jokowi juga mendadak dan tanpa kabar. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus menggalakkan program revitalisasi pasar. Langkah ini pun dinilai tepat guna mampu meningkatkan ekonomi rakyat.  Program ini dinilai bisa meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan pokok.

Selain itu, revitalisasi pasar diyakini juga mampu menarik kembali masyarakat modern yang sempat enggan berbelanja di pasar tradisional yang terkesan kumuh.

"Revitalisasi pasar ini merupakan suatu program yang tepat, yang bagus dilakukan oleh pemerintah. Kaitannya pertama, menarik kembali konsumen-konsumen supaya mau belanja ke pasar. Kemudian juga meningkatkan akses masyarakat terhadap kebutuhan utama," ujar Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Ahmad Heri Firdaus, di Jakarta, Senin (11/3/2019). 

Pentingnya revitalisasi pasar guna menarik kembali konsumen berbelanja tradisional ini karena adanya perubahan perilaku konsumen. Saat ini masyarakat cenderung memilih tempat berbelanja yang nyaman. Perbaikan fasilitas pasar mutlak diperlukan jika tidak ingin pasar rakyat kian sepi pembeli.

"Kalau pasarnya sudah langka terus sudah banyak yang rusak sana-sini, ini perlu ditingkatkan kembali dan diperluas kapasitasnya," dia menambahkan.

Dengan makin ramainya pasar tradisional, kesempatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk makin berkembang kian luas. Ini mengingat badan pengelola pasar tradisional kera memiliki pola kemitraan dengan UMKM.

"Keterlibatan pemerintah di sini penting, terutama bisa memicu perekonomian di wilayah yang dimotori UMKM," imbuh Heri lagi.

Namun dia tetap mengingatkan, ke depan pemerintah perlu terus mengembangkan pasar berdasarkan pemetaan yang lebih presisi. Perlu dibuat pemetaan revitalisasi pasar berdasarkan permintaan suatu wilayah.

"Daerah-daerah yang memiliki kepadatan penduduk lebih besar, ini mungkin perlu pasar tradisional yang lebih luas, kapasitasnya lebih tinggi," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Puteri Indonesia Pariwisata 2019 Terpampang di Unggahan Media Sosial Jokowi

Posted: 11 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - [Jesica Fitriana ](Jesica Fitriana "")resmi dinobatkan menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2019 pada malam puncak Puteri Indonesia, Jumat, 9 Maret 2019.

Perempuan cantik yang mewakili Jawa Barat itu menjadi salah satu wanita yang masuk dalam feed di instagram Presiden Republik Indonesia @Jokowi, Senin, 11 Maret 2019. Hal itu menjadi momen tak terlupakan untuk Jesica saat berkunjung di Istana Bogor.

Dalam unggahannya Jokowi memberi caption "Perempuan-perempuan muda, cantik, dan cerdas datang ke Istana Bogor pagi ini bersama Miss Universe 2018 asal Filipina Catriona Gray. Mereka adalah para finalis Puteri Indonesia 2019 yang mewakili seluruh provinsi," tulisnya.

Perempuan yang berusia 23 tahun itu tampil cantik menggunakan batik berwarna ungu muda dengan paduan pink, ditambah dengan outer berwarna putih. Mahkota yang menghiasi rambut Jesica sebagai simbol kemenangannya menjadi Puteri Indonesia Pariwisata 2019.

Berpose dengan memegang sebuah album foto di mana terdapat foto Jesica bersama Jokowi sedang bersalaman. Seperti biasa, Jokowi tampil menggunakan kemeja berwarna putih dan celana hitam.

Sebelah kiri foto dalam album, bersama seluruh finalis Puteri Indonesia 2019. Jokowi berfoto sejajar dengan Miss Universe 2018, Catriona Gray, Puteri Indonesia 2019; Frederika Alexis Cull, Jolene Marie Cholock, dan Jesica Fitriana.

Unggahan foto tersebut menjelaskan bahwa perempuan Indonesia adalah perempuan yang memiliki kemampuan luar biasa. Seperti lanjutan dari caption Jokowi juga menulis mereka bukti nyata persatuan Indonesia.

"Sebagai generasi milenial, para finalis Putri Indonesia 2019 yang datang dari berbagai daerah ini menunjukkan bahwa keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia justru mempersatukan," tulis suami Iriana itu.

Foto Jesica Fitriana yang diunggah langsung Jokowi mendapat komentar baik dari masyarakat, bahkan Jesica sendiri menuliskan komentar "Terimakasih Pak Presiden. Suatu Kehormatan Untuk Saya dapat bertemu dengan bapak," tulis @jesicafitriana. (Adinda Kurnia Islami)

Saksikan video pilihan di bawah:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Ratna Sarumpaet Saat Jalani Sidang Lanjutan

Posted: 11 Mar 2019 09:15 PM PDT

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menuju ruang sidang  di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menuju ruang sidang di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet (kanan) saat menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengar tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet (kanan) saat menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengar tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Suasana sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran berita bohong dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan yang disampaikan pengacara Ratna. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet memasuki mobil tahanan usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Terdakwa kasus dugaan penyebaran berita bohong Ratna Sarumpaet memasuki mobil tahanan usai menjalani sidang lanjutan di PN Jakarta Selatan, Selasa (12/3). Sidang mendengarkan tanggapan JPU atas nota keberatan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Shan United vs Persija Jakarta di Piala AFC 2019

Posted: 11 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Yangon - Persija Jakarta menghadapi klub Myanmar, Shan United, pada laga kedua Piala AFC Grup G di Stadion Thuwunna, Yangon, Selasa (12/3/2019).

Tentunya, Persija termotivasi mencuri tiga poin di kandang Shan United. Sebab, pada laga pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Persija hanya bermain imbang tanpa gol melawan wakil Vietnam Becamex Binh Duong.

Sejumlah pemain yang disimpan ketika Persija menghadapi Madura United pada laga kedua Grup D Piala Presiden 2019 akan menjadi senjata yang dipersiapkan pelatih Ivan Kolev. Sosok asal Bulgaria itu optimistis karena melihat adanya perubahan positif dalam setiap laga yang dijalani oleh Persija.

"Laga ini akan menjadi pertandingan yang berat bagi kami, tapi saya pikir para pemain harus siap beradaptasi cepat. Satu hal yang pasti bagi saya, kedua tim akan berusaha meraih kemenangan dalam pertandingan ini. Tim yang bermain lebih baik akan menang," ucap Ivan Kolev.

Duel Shan United melawan Persija ini akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi lokal. Lihat jadwal pertandingannya di halaman berikut.

Jadwal Persija di Piala AFC

Selasa, 12 Maret 2019

Shan United vs Persija Jakarta

Pukul: 16:00 WIB 

Live di RCTI dan iNews TV.

Perkiraan Pemain

Shan United (4-4-2): Phone Thitsar Min (kiper); Htike Htike Aung, David Htan, Nanda Kyaw, Dedimar (belakang); Zin Min Tun, Yan Naing Oo, Ryo Nakamura, Ye Yint Tun (tengah); Maycon, Hedipo Conceicao (depan)

Pelatih: Min Thu U

Persija (4-3-3): Shahar Ginanjar (kiper); Ismed Sofyan; Ryuji Utomo, Steven Paulle, Dany Saputra (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Bruno Matos (tengah); Riko Simanjuntak, Ramdani Lestaluhu, Silvio Escobar (depan)

Pelatih: Ivan Kolev

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca Evakuasi 3 Gerbong KRL 1722, Dua Jalur KA Jakarta-Bogor dapat Beroperasi Kembali

Posted: 11 Mar 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasca evakuasi 3 kereta/gerbong tersisa pada peristiwa anjlokan KRL 1722 lintas Jakarta – Bogor, pengoperasian KRL lintas Jakarta – Bogor begitu pun lintas sebaliknya tepat pukul 14.00 WIB hari ini, Senin 11 Maret sudah bisa dioperasikan dua arah. Sebelumnya pada pukul 05.30 WIB pagi tadi, Pengoperasian KRL dari dan menuju Stasiun Bogor baru dapat dioperasikan satu jalur KA saja.

Di sekitar lokasi kejadian, pada saat pengoperasian KRL, sementara waktu masih diberlakukan pembatasan kecepatan (taspat). Untuk jalur KA lintas Bogor menuju Jakarta taspat yang diberlakukan 40 km/jam, sedangkan untuk KRL lintas Jakarta menuju Bogor taspat yang diberlakukan 20 km/jam.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyampaikan apresiasi kepada segenap tim (Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta Banten, Daop I PT.KAI, PT.KCI beserta pihak terkait lainnya) yang telah bekerja keras untuk dapat memperbaiki prasarana dan Listrik Aliran Atas (LAA) di sekitar lokasi kejadian anjlokan KRL. Sehingga membantu mempercepat pemulihan pengoperasian KRL.

Sebagai informasi, pada peristiwa anjlokan KRL 1722 ini, 20 orang korban luka ringan yang terdiri dari 3 awak sarana KRL dan 17 orang penumpang KRL telah dirujuk ke beberapa rumah sakit di sekitar lokasi kejadian untuk mendapatkan perawatan medis. Dari 17 orang penumpang yang memperoleh perawatan, 15 orang penumpang setelah mendapat perawatan medis telah kembali ke kediaman masing-masing.

Hanya tersisa 2 orang penumpang yang masih memperoleh perawatan medis lanjutan. Sedangkan 3 awak orang awak sarana KRL semuanya masih dalam perawatan medis lanjutan. Keseluruhan biaya perawatan medis tersebut ditanggung oleh PT. KCI (Kereta Commuter Indonesia).

Sehubungan dengan anjloknya KRL 1722 tersebut, tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pasca peristiwa anjlok KRL, Minggu 10 Maret kemarin, telah turun ke lapangan untuk melakukan investigasi peristiwa anjlokan KRL dimaksud.

Investigasi yang dilaksanakan oleh KNKT dilakukan terhadap beberapa obyek, yaitu: tanggal 10-11 Maret proses investigasi terhadap prasarana perkeretaapian, tanggal 12-13 Maret proses investigasi terhadap sarana KRL dan tanggal 14 Maret direncanakan tim KNKT akan mewawancarai masinis, awak sarana lain yang bertugas pada saat kejadian, petugas Penjaga Pintu Perlintasan serta beberapa saksi mata yang berada di sekitar lokasi kejadian untuk mendapatkan masukan secara menyeluruh terhadap kejadian anjloknya KRL.

Menyikapi kejadian anjloknya KRL 1722, Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan selaku regulator, tersebut akan melaksanakan audit secara menyeluruh terhadap operasional KRL Jabodetabek. Audit dilakukan terhadap sistem perawatan dan operasional prasarana yang dioperasikan oleh Daop I PT.KAI serta audit terhadap sistem perawatan dan operasional sarana KRL yang dioperasikan oleh PT. KCI.

Pemerintah berharap dari hasil investigasi serta audit yang telah dan akan dilaksanakan tersebut akan memberikan masukan ataupun input yang dapat digunakan untuk perbaikan dan pengembangan kereta api Indonesia, khususnya perkeretaapian di wilayah Jabodetabek.

 

Narsum: Bapak Edi Nur Salam Direktur Keselamatan Perkeretaapian

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kota Wisata Cibubur dan 7 Tempat Rekreasi untuk Liburan Keluarga

Posted: 11 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cibubur adalah nama kelurahan yang terletak di ujung Jakarta Timur, tepatnya di Kecamatan Ciracas. Meski berbentuk kelurahan, Cibubur cukup elit dengan banyaknya perumahan, pertokoan, mal, rumah sakit serta objek wisata di sepanjang jalannya.

Salah satu hal yang identik dengan kelurahan ini adalah adanya Kota Wisata Cibubur yang banyak menawarkan kemudahan bagi penghuninya. Kota Wisata merupakan perumahan yang berada di kawasan elit Cibubur. Dengan adanya perumahan elit ini, Kelurahan Cibubur semakin berkembang dengan pesat.

Yang menarik perhatian dari Kota Wisata Cibubur adalah letaknya yang melingkupi 4 kota berbeda. 4 Kota tersebut meliputi Depok, Bekasi, Bogor dan Cibubur sendiri. Namun, karena sudah identik dengan wilayah Cibubur, Kota Wisata akhirnya tetap melenggang mewakili nama Cibubur.

Untuk menuju Kota Wisata Cibubur, Anda harus melewati Puri Cikeas yang merupakan tempat tinggal Presiden Republik Indonesia keenam. Maka tak heran pada jam pulang kantor, akses yang dilalui untuk menuju Kota Wisata pasti padat merayap. Selain itu, Kota Wisata juga terletak tidak jauh dari pintu keluar Tol Cibubur.

Kota Wisata Cibubur sendiri telah dibangun sejak tahun 1997 silam. Telah hadir sekian banyak cluster yang menarik perhatian warga. Perumahan mewah ini hadir dengan slogan 'City of Millions Enchantment' yang mengusung konsep 'Harmony in living, learning, recreation and sporting'.

Selain perumahannya, di Kota Wisata Cibubur juga terdapat tempat rekreasi yang seru dan menarik untuk dikunjungi keluarga. Lokasi yang sangat strategis menjadi nilai tambah dari keluharan yang terletak di Ciracas ini. Berikut adalah 7 tempat rekreasi di Kota Wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, yang dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019).

1. Cibubur Garden Diary

Cibubur Garden Diary adalah salah satu tempat rekreasi yang berada di Komplek Peternakan DKI Blok C No 1, RT 001/002, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur. Rekreasi ini bertujuan untuk menyediakan objek wisata edukasi bagi anak-anak. Cibugary terkenal dengan peternakan sapi perah dan kambing, yang menawarkan suasana perkebunan hijau.

Di sini, Anda bisa mengajak keluarga khususnya anak-anak untuk mengetahui cara memerah susu sapi yang benar. Segala hal tentang beternak sapi akan Anda ketahui jika berkunjung ke sini. Pendirinya, Rachmat Baghory terinspirasi untuk menjadikan peternakan sapinya sebagai agrowisata yang edukatif untuk banyak orang.

2. Fantasy Island Cibubur

Meski terletak di wilayah kota, banyak terdapat tempat rekreasi salah satunya adalah Fantasy Island Cibubur. Seperti namanya, tempat rekreasi ini menawarkan spot wisata unik dan menjadi favorit keluarga karena terdapat Taman Jurassic Park.

Selain itu, ada pula fasilitas Bumper Car, ATV, Flying House dan banyak permainan lain yang bisa Anda lakukan bersama keluarga saat berkunjung ke Fantasy Island Cibubur yang terletak di Kompleks Perumahan Kota Wisata Cibubur.

3. Taman Bunga Wiladatika

Selanjutnya, Kota Wisata Cibubur juga menyediakan Taman Bunga Wiladatika yang terkenal akan pemandangan aneka bunga yang indah dan sedap dipandang. Bahkan, terdapat kolam renang yang bisa dinikmati pengunjungnya.

Untuk masuk ke Taman Bunga Wiladatika, Anda perlu membeli tiket masuk terlebih dahulu. Taman Bunga Wiladatika terletak di Jalan Jambore No 1, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur.

4. Kampoeng Maen Cibubur

Selain Taman Bunga Wiladatika, ada juga Kampoeng Maen Cibubur yang menawarkan arena bermain dan belajar untuk anak-anak Anda. Karena terletak di Pondok Ranggon, Cipayung, udara di Kampoeng Maen Cibubur sangat sejuk dan asri. Anda pasti akan betah berlibur di objek wisata ini.

5. Kampung China

Dengan slogan 'City of Millions Enchantment', Kota Wisata bahkan menawarkan sebuah tempat rekreasi bernuansa Negeri Tirai Bambu yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke sini. Kampung China berada di Jalan Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Bogor.

Berbeda dengan Taman Bungan Wiladatika yang mewajibkan membeli tiket, Anda bisa keluar masuk Kampung China tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

6. Kampung Jepang

Tak hanya Kampung China, Anda bisa menemukan Kampung Jepang di Kota Wisata. Anda akan merasakan atmosfer Negeri Bunga Sakura saat berkunjung ke sini. Pasalnya, bangunan-bangunan yang ada didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai bangunan di Jepang.

Dengan keunikan tersebut, Anda bisa berswafoto dengan keluarga lengkap dengan background ala negara Jepang yang indah. Anda juga bisa membawa pulang berbagai aksesoris khas Jepang yang dijual dengan harga terjangkau. Kampung Jepang berada di Jl Boulevard Kota Wisata Cibubur.

7. Cibubur Junction

Yang tidak boleh dilewatkan dari Kota Wisata adalah Cibubur Conjunction yang menawarkan Anda berbagai macam oleh-oleh untuk dibawa pulang dan dibagikan ke sanak saudara maupun orang terdekat.

Cibubur Junction adalah wisata belanja berupa mal yang dibuka sejak tahun 2015. Cibubur Junction termasuk dalam salah satu pusat wisata belanja terlengkap di Jakarta Timur. Selain wisata belanja, Anda juga bisa berwisata kuliner, lho. Wisata belanja dan kuliner ini berlokasi di Jalan Jambore, No 1, Cibubur, Ciracas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zinedine Zidane Kembali ke Real Madrid, Veronique Mainkan Peran Penting

Posted: 11 Mar 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Kembalinya Zinedine Zidane ke Real Madrid tidak lepas dari peran Veronique. Pelatih asal Prancis itu dilaporkan meminta izin sang istri sebelum menjawab panggilan Los Blancos.

Veronique memang memiliki peran penting dalam rumah tangga Zidane. Tanya saja Giovanni Agnelli yang sempat menjabat presiden Juventus.

Dia tidak bisa mencegah Zidane pergi ke Real Madrid tahun 1999. "Saya ingin mempertahankan Zidane. Masalahnya istrinya adalah bos. Saya tidak bisa berbuat apa-apa karena Zidane dikuasainya," kata Agnelli, dilansir La Stampa.

Pengaruh Veronique dalam kehidupan Zidane bisa dimengerti karena keduanya sudah lama berhubungan. Mereka bertemu tahun 1989 di klub malam ketika Zidane masih berusia 17 tahun.

Setelah itu Veronique meninggalkan studinya untuk mengikuti Zidane membangun karier bersama Cannes, Girondins Bordeaux, Juventus, dan Real Madrid.

Dua tahun lebih tua dari Zidane, pasangan ini menikah pada 1994. Mereka dikaruniai empat putra yakni Enzo (23), Luca (20), Theo (16), dan Elyaz (13).

Ambisi Zidane

Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane bersama istrinya Veronique dan anak-anak mereka Enzo, Theo dan Elyaz memegang piala usai Real Madrid memenangkan pertandingan Liga Champions di Stadion Cardiff, Wales (3/6). (AFP Photo/Javier Soriano)

Zidane menandatangani kontrak dengan Real Madrid hingga 2022 setelah meninggalkan Santiago Bernabeu musim panas lalu. berhenti setelah memenangkan gelar Liga Champions untuk tiga tahun secara beruntun.

"Ini hari spesial. Saya bahagia bisa kembali. Saya mulai bekerja mengembalikan klub ini ke tempat sebenarnya," kata Zidane, dilansir AS.

Periode Pertama

Pada periode pertamanya, Zidane membawa Real Madrid memenangkan tiga gelar Liga Champions, La Liga, Piala Super Spanyol, dua Piala Dunia Antarklub, serta dua Piala Super Eropa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shan United vs Persija Bisa Jadi Penentu Posisi Klasemen Grup G AFC Cup

Posted: 11 Mar 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta siap menghadapi klub Myanmar, Shan United di lanjutan Grup G AFC Cup 2019. Sore ini, Tim Macan Kemayoran akan dijamu di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Misi Persija jelas. Meski datang sebagai tamu, mereka membidik kemenangan.

Maklum, saat ini, tim asuhan Ivan Kolev ini masih tertahan di posisi ketiga, lantaran di laga pertama hanya imbang 0-0 lawan klub Vietnam, Becamex Binh Duong. Kemenangan atas Shan United akan meringankan langkah Persija ke fase semifinal zona.

Seperti diketahui, di setiap grup, hanya juara yang bisa lolos langsung ke semifinal zonal.

Kubu Persija sendiri menyatakan siap tempur lawan Shan United. Sejak Sabtu (9/3), mereka sudah berada di Myanmar.

Faktor Cuaca

Gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, menendang bola saat melawan Becamex Binh Duong pada laga Piala AFC di SUGBK, Jakarta, Selasa (26/2). Kedua klub bermain imbang 0-0. (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Selain menyempatkan diri berlatih, faktor adaptasi cuaca Myanmar yang panas juga sangat penting. Ini juga diakui oleh Ivan Kolev.

"Mungkin cuaca sedikit mempengaruhi karena Indonesia lebih sejuk. Tapi saya pikir mereka semua pemain harus siap beradaptasi denan cepat karena tidak ada waktu lagi memikirkan cuaca panas atau tidak panas," ujar Kolev di situs resmi Persija.

Faktor Cuaca

1      Ceres-Negros   1  1  0  0  3  2  3     

2      Binh Duong     1  0  1  0  0  0  1 

3      Persija            1  0  1  0  0  0  1 

4      Shan United        1  0  0  1  2  3  0

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Simak, 4 Jembatan di Indonesia yang Cetak Sejarah

Posted: 11 Mar 2019 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keberadaan infrastruktur merupakan salah satu syarat akan tumbuhnya perekonomian. Beragam jenis infrastruktur telah ada di Indonesia saat ini dari kabel optik hingga jembatan.

Berbicara mengenai jembatan, Indonesia menyadari pentingnya kebutuhan akan keterhubungan antar wilayah. Maka dari itu, jembatan termasuk yang tengah digenjot pembangunannya.

Indonesia sejauh ini telah membangun dan memiliki ratusan jembatan. Mulai dari ujung Timur hingga Barat terdapat berbagai jembatan telah membentang.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengatakan jembatan berfungsi untuk keterhubungan yang mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi, serta memeratakan hasil-hasil pembangunan.

Berikut sejumlah jembatan di Indonesia yang memiliki fakta unik dari dalam negeri hingga mancanegara. Ini rangkumannya oleh merdeka.com.

 

 

1. Jembatan Suramadu

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembebasan tarif Jembatan Tol Suramadu, yang menghubungkan wilayah Surabaya dan Madura, Sabtu (27/10/2018). (Titin/Merdeka.com)

Jembatan yang menghubungkan antara wilayah Pulau Jawa dan Pulau Madura ini membentang di atas Selat Madura. Jembatan dengan panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter ini diresmikan pada Juni 2009. Dengan panjang hingga ribuan meter tersebut, Jembatan Suramadu menjadi jembatan terpanjang di Indonesia.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) bercerita jembatan ini membutuhkan beberapa masa pemerintahan hingga bisa terbangun.

"Tahun '60-an adalah mimpi, cita-cita atau gagasan untuk membangun jembatan yang menghubungkan Surabaya dan Madura tapi baru medio '80-an itu ada kajian serius untuk mengimplementasikan mimpi banyak orang, untuk membangun jembatan panjang, great brigde di tempat ini," ujar SBY.

Di era Pemerintahan Soeharto, disebut SBY, BJ Habibie yang kala itu menjabat sebagai Menristek ditugaskan untuk melakukan kajian. "Sejauh mana bisa dibangun jembatan antara Surabaya dengan Madura. Akhirnya di era Presiden Soeharto kajian demi kajian dilakukan tapi karena krisis datang tahun 1997 dan 1998, awal 1999 terhentilah semua ini," ucapnya.

Pembangunan Jembatan Suramadu terlupakan di era Presiden Gusdur dan ketika Habibie menjabat sebagai presiden. Saat pemerintahan Megawati, kelanjutan pembangunan pun kembali muncul.

"Tahun 2003 Presiden Megawati mulai membangun jembatan ini atau ground breaking. Terjadi pergantian Ibu Megawati kepada saya akhir 2004 dan terus berlangsung. Tapi pada satu titik pembangunan ini terhenti oleh satu dan lain sebab, sejumlah faktor," lanjutnya.

 

2. Jembatan Situgunung

Jembatan gantung dibangun di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) Resort Situgunung, tepatnya di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Liputan6.com/Mulvi Mohammad)

Jembatan gantung Situgunung di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Kabupaten Sukabumi baru saja diresmikan. Jembatan kebanggaan warga Sukabumi ini memiliki panjang 243 meter dan lebar 1,2 meter, yang menjadikannya sebagai jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara.

Pemerintah mendukung pembangunan obyek wisata seperti jembatan gantung tersebut karena sejalan target untuk menjadikan pariwisata sebagai pemberi sumbangan devisa negara terbesar.

3. Jembatan Lama Kediri

Indonesia juga memiliki jembatan lain yang tak kalah membanggakan. Di saat, Amerika Serikat memiliki jembatan suspensi tertua yakni Jembatan Brooklyn yang selesai dibangun tahun 1883, Indonesia punya jembatan yang lebih tua yakni jembatan lama Kediri 'Brug Over den Brantas te Kediri'. Jembatan dengan konstruksi besi pertama di Jawa ini diresmikan pada 18 Maret 1869.

Pembangunan kedua jembatan ini memiliki teknologi canggih di masanya. Amerika dengan Jembatan Brooklyn adalah karya insinyur John Augustus Roebling. Jembatan Lama Kediri karya Sytze Westerbaan Muurling asal Belanda.

4. Jembatan Kali Kuto

Warga mengabadikan kendaraan pemudik yang melintasi Jembatan Kali Kuto di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Gringsing, Jateng, Rabu (13/6). Berfungsinya Jembatan ini akan memperlancar arus mudik dan arus balik Lebaran 2018. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Jembatan Kali Kuto berlokasi di Desa Sambongsari, Kecamatan Weleri, Kabupaten Kendal. Jembatan ini menjadi salah satu fasilitas di tol Trans Jawa.

"Jembatan ini dibangun dengan model Swing Arch melengkung, sehingga memiliki kerumitan tersendiri dibandingkan membangun jembatan biasa. Ini menjadi yang pertama di Indonesia dan dunia yang dibangun dengan model seperti ini," kata Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang (JSB) Arie Irianto.

Jembatan yang memiliki panjang 160 meter ini dibangun oleh insinyur dalam negeri dan mayoritas bahannya adalah produk dalam negeri. Hanya saja baja yang digunakan masih diimpor dari Prancis.

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misterius, 5 Zodiak Ini Sulit Dimengerti Maunya Apa

Posted: 11 Mar 2019 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tertutup dan tidak membiarkan orang-orang tau apa yang kamu rasakan dan memendam segalanya sendiri, namun orang-orang terdekat tetap ingin mencoba memahami apa yang kamu rasakan. Bukan ingin menjadi misterius, mungkin mereka hanya tidak ingin membebani.

Selalu salah memperkirakan suasana hati teman atau sahabatmu? Dilansir dari Boldsky.com, 5 zodiak yang sulit dimengerti :

1. Cancer

Ingatan yang baik akan membuat Cancer mengingat hal-hal lalu yang membuatnya lebih penasaran akan hal itu, mereka juga termasuk seseorang yang terkadang murung. Mungkin kalian melihat mereka senang, namun jika kalian perhatikan lagi mereka adalah sosok orang yang cukup murung dan suasana hatinya dapat berubah-ubah.

Terkadang Cancer adalah seseorang yang salah atau tidak bisa mengekspresikan emosi atau perasaannya dengan benar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini :

2. Gemini

Ilustrasi Zodiak Gemini/copyright unsplash.com/@wx1993

Diam dan perhatikanlah Gemini, seseorang yang suka merenung dan memiliki terlalu banyak masalah yang sebenarnya tidak perlu terlalu difikirkan. Kalau kamu mau memahami Gemini, coba untuk memperhatikan hal-hal atau masalah yang pernah terjadi padanya, karena Gemini kerap sedih karena hal yang sama dan berulang.

Kamu tidak memahami Gemini? Bahkan dirinya sendiri terkadang tidak memahami bagaimana diri mereka sendiri. Gemini adalah seseorang yang dapat berganti pendapat seiring dengan pembicaraan yang dia lakukan. Dia juga merupakan seseorang yang suka berbicara dengan banyak orang, hal inilah yang banyak membuat orang-orang bingung dengan Gemini.

3. Scorpio

Ilustrasi topeng. (anotherfacestudio/Tumblr)

Mereka adalah seseorang yang pintar untuk menutupi segala perasaan yang mereka miliki, Scorpio adalah orang yang tidak mengekspresikan perasaan yang sesungguhnya.

Saat sedih melanda mereka bisa terlihat seperti seseorang yang sedang mendapatkan durian runtuh. Mereka adalah seseorang yang sulit untuk diprediksi.

4. Aquarius

Ilustrasi busana yang menutup hingga wajah yang dilarang pemerintah Austria.( (AP)

Sulit untuk membuka hatinya kepada orang lain membuat Aquarius menjadi orang yang misterius. Mereka selalu memilikirkan kapan dan di mana mereka dapat mengeluarkan sesuatu. Mereka percaya seseorang perlu berusaha menaikkan levelnya untuk mengenal diri sendiri.

5. Pisces

Kalau kamu merasa punya sifat-sifat berikut ini, mending jangan dekat-dekat Pisces deh. (Sumber foto: unsplash.com)

Tidak terlalu ekspresif, Pisces adalah orang yang berteman dengan semua orang dan dekat hanya dengan beberapa orang. Mereka tidak terlalu mengekpresikan perasaan dirinya, mereka cenderung mengekpresikan suasana hatinya dengan hal-hal lainnya seperti seni.

Terkadang buruknya suasana hati Pisces bukan karena orang lain melakukan kesalahan, namun karena diri mereka sendiri. Hal ini yang membuat orang-orang terkadang salah paham dengan Pisces.

Reporter

Lea Citra Santi Baneza

Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Poliik Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Spesifikasi Motor Marquez yang Ditunggangi Presiden Jokowi

Posted: 11 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mendapat kesempatan istimewa menaiki replika motor MotoGP di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (11/3/2019).

Kesempatan menjajal motor Honda RC213V-S itu didapat Jokowi setelah menerima CEO Dorna, Carmelo Ezpelata. Telah disediakan tiga motor balap, Jokowi tampak tertarik dengan salah satu motor tersebut. Dia akhirnya menaiki motor yang ditunggangi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, namun merupakan versi jalanan.

Meski awalnya merasa ngeri karena mesin yang disematkan, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut terlihat santai mencoba motor pabrikan otomotif Jepang tersebut.

Untuk lebih mengetahui motor Honda RC213V-S, berikut spesifikasi lengkapnya.

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

Selanjutnya

Honda RC213V-S mengusung mesin V-4, 4-stroke, DOHC, 4-Valve, 6-speed dengan kapasitas mesin 999cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 157 Tk/11.000 rpm serta torsi sebesar 102 Nm/10.500 rpm untuk versi standar. Sistem pembakaran menggunakan PGM-Fi (Programmed Fuel Injection) dengan daya tampung bahan bakar 16,3L.

Tenaga 157 Tk dari mesin berpadu dengan bobot motor yang ringan. Honda RC213V-S hanya berbobot kering 170 kg. Membuatnya power-to-weight ratio-nya ideal untuk sebuah mesin berperforma tinggi. Ringannya bobot tersebut berasal dari body berbahan serat karbon.

Penggunaan sepasang suspensi Ohlins merupakan resep yang ideal untuk mengoptimalkan pengendalian pada motor sport. Suspensi tersebut didukung ban Bridgestone Battlax RS 10 dan juga rem cakram ganda pada bagian depan dan cakram tunggal di belakang dari Brembo dengan teknologi ABS.

Untuk produksi, Honda RC213V-S dibuat khusus di pabrik Kumamoto, Jepang, dengan cara manual. Terkait harga, jika motor tersebut dijual, perkiraan banderolnya menembus Rp7 miliar.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penumpang di Bandara Pekanbaru Turun Drastis, karena Kabut atau Tiket Mahal?

Posted: 11 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru- Kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau belum berdampak pada aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru. Jarak pandang memang sempat mencapai di bawah 1000 meter tapi itu bukan berasal dari kabut asap Karhutla.

"Dalam 10 hari terakhir, ada dua hari di mana visibility (jarak pandang) di bawah 1000 meter, tapi itu karena kabut (fog), bukan asap (smoke), itu beda," tegas Manager Angkasa Pura II Bandara SKK II Jaya Tahoma Sirait di Pekanbaru, Senin (11/3/2019).

Dia menjelaskan, beberapa penerbangan di bandara dalam beberapa hari terakhir memang ada delay. Hanya saja hal ini akibat pengaruh cuaca karena turunnya kabut ketika pagi hari menjelang.

"Jadi secara umum Karhutla di Riau belum berdampak pada penerbangan," tegas Jaya.

Selama tahun 2019, Jaya mengakui jumlah penumpang di Bandara SSK II turun hingga 30 persen. Sejumlah maskapai juga membatasi penerbangan dari Januari hingga 10 Maret menjadi 28 persen.

"Biasanya ada 90 sampai 96 penerbangan, tapi tahun ini hanya 70 sampai 80 penerbangan saja," sebut Jaya.

Tiket Masih Mahal

Kebakaran lahan di Pulau Rupat yang melumat hampir seribu hektar lahan gambut sejak akhir Januari 2019. (Liputan6.com/M Syukur)

Kabut asap bukanlah penyebab, melainkan dampak masih tingginya harga tiket maskapai. Maskapai masih enggan menurunkan biaya perjalanan, baik dari ataupun tujuan ke Pekanbaru.

"Tiket masih tinggi dari kota-kota utama di Pulau Jawa atau kota destinasi seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Medan," tegas Jaya.

Atas keadaan ini, Jaya berharap pihak maskapai menurun harga tiket ke destinasi utama dari Pekanbaru, sebagaimana yang selama ini dijanjikan. Turunnya harga tiket disebut bakal meningkatkan mobilitas masyarakat di bandara.

Sementara untuk mengatasi penurunan itu, Jaya menyebut Angkasa Pura II sudah memangkas sejumlah biaya operasional. Pihaknya juga menawarkan rute baru yang diminati masyarakat.

"Namun belum diisi oleh maskapai, misalnya rute ke Danau Toba, Sumatera Utara," jelas Jaya.

Lebih jauh Jaya menyebut ada dua tempat penjualan tiket di bandara sudah tutup karena kenaikan harga tersebut. Penjualan tiket anjlok karena calon penumpang tidak berminat membeli.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tunggangi Motor Sangar, Jokowi Bergurau Bakal Ikut MotoGP di Lombok

Posted: 11 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu tuan rumah MotoGP pada 2021. Promotor MotoGP, Dorna Sport Sl menyebut balapan di Indonesia bakal berlangsung di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyambut gembira hal itu. Bahkan, melalui Instagram pribadinya, Jokowi bergurau bakal ikut balapan dengan Marc Marquez dan kawan-kawan di Lombok.

"Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021 ... hehehe," kelakar Jokowi.

"Tentu saya hanya bercanda akan ikut balapan. Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang," katanya menambahkan.

Jokowi melakukan pertemuan dengan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor pada Senin (11/3/2019). Jokowi dan Ezpeleta optimistis Indonesia bakal menjadi tuan rumah yang baik di MotoGP 2019.

"Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi mau pun infrastrukturnya," ujar Jokowi.

Berpengalaman

Jokowi optimistis Indonesia bakal menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Terlebih, Indonesia sudah punya pengalaman menggelar event olahraga internasional.

"Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah."

"Sirkuit ini segera kita siapkan berupa jalan raya yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika," ucap Presiden ketujuh Republik Indonesia itu.

 
 
 
View this post on Instagram

Tiga sepeda motor balap terparkir di halaman Istana Bogor, kemarin. Salah satunya yang hitam sangar ini, akan saya tunggangi di ajang balapan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat tahun 2021 ... hehehe. Tentu saya hanya bercanda akan ikut balapan. Tapi pertandingan MotoGP, ajang balap motor bergengsi ini, benar-benar akan dilangsungkan di Indonesia dua tahun mendatang. Saya sudah bertemu dengan Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, organisasi penyelenggara balapan MotoGP yang datang ke Istana Bogor untuk memastikan bahwa kita siap, baik dalam organisasi mau pun infrastrukturnya. Sebelumnya, Dorna telah melakukan penandatanganan kerja sama penyelenggaraan MotoGP dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) pada awal tahun ini. Indonesia sudah berpengalaman menggelar ajang olahraga internasional seperti Asian Games dan Asian Para Games beberapa waktu lalu yang sukses. MotoGP Indonesia 2021 akan menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan di kawasan wisata Mandalika yang indah. Sirkuit ini segera kita siapkan berupa jalan raya yang dibangun dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata the Mandalika.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Sirkuit Mandalika

Ketika menggelar MotoGP pada 2021, Indonesia akan menggunakan Sirkuit Mandalika yang dalam waktu dekat akan dibangun di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pembangunan akan dimulai pada September 2019 di kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggata Barat (NTB).

Rencana pembangunannya pun sudah dilaporkan langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer dan CEO Dorna Carmelo Ezpeleta selaku promotor MotoGP.

Pembangunan sirkuit dan fasilitas penunjang lainnya akan kerjakan oleh Vinci Construction yang berasal dari Prancis. Di mana, komitmen investasinya mencapai Rp 14 triliun selama 15 tahun.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cerita Pendek Lucu Ini Bakal Bikin Kamu Tertawa Terbahak-Bahak

Posted: 11 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Humor bisa membuat siapa saja terhibur. Humor adalah semacam obat rehat di antara seabrek beban pikiran yang memberatkan. Humor bisa disajikan lewat apa saja, salah satunya lewat cerita. Saat kamu sedang berkumpul bareng teman-teman, mungkin hal yang paling enak adalah saling berbagi cerita. Salah satu cerita yang sering diomongin adalah cerita pendek lucu.

Dengan cerita pendek lucu kamu bisa membuat suasana berkumpul jadi tambah menyenangkan apalagi setiap cerita selalu dipenuhi oleh canda tawa. Ini bisa menjadi salah satu alasan pertemanan jadi semakin baik dan dekat.

Bagi kamu yang pintar mengarang cerita pendek lucu, mungkin akan semakin leluasa mengeluarkan berbagai cerita pendek lucu yang membuat siapapun mendengarnya jadi tertawa. Namun, bagi mereka yang tidak pandai sama sekali untuk bercerita, mungkin mengarang atau membuat cerita pendek lucu menjadi sesuatu yang sulit.

Nah, bagi kamu yang ingin mendengar atau mencari bahan cerita pendek lucu. Berikut Liputan6.com rangkum cerita pendek lucu yang bisa bikin kamu ketawa terbahak-bahak, Selasa (12/3/2019).

1. Becak dilarang masuk

Cerita pendek lucu yang pertama adalah tentang becak dilarang masuk.

Ada seorang tukang becak asal Madura yang kepergok seorang polisi ketika memasuki kawasan "Becak dilarang masuk".

Tukang becak itu nyelonong, dan polisi pun datang menyemprit.

"Apa kamu tidak melihat gambar itu? Becak tak boleh masuk jalan ini," kata polisi itu membentak.

"Oh saya lihat pak, tapi itu kan gambarnya becak kosong tidak ada orangnya. Becak saya kan ada orangnya, berarti boleh masuk," jawab si tukang becak.

"Bodoh, apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itu kan ada tulisan becak dilarang masuk!" bentak Pak polisi lagi.

"Tidak pak, saya tidak bisa baca. Kalau saya bisa baca ya saya pasti jadi polisi seperti sampeyan, bukan jadi tukang becak begini," jawab si tukang becak cengengesan.

2. Santri dikejar harimau

Cerita pendek lucu yang kedua adalah tentang santri dikejar harimau.

Ada seorang santri yang dikejar-kejar oleh harimau. Setelah kelelahan dan tak bisa lari lagi, dia akhirnya pasrah kepada tuhan. Lalu memejamkan mata sambil berdoa. Setelah beberapa saat, dia heran kok belum dimakan.

Santri itu membuka matanya. Ternyata si harimau ada di sebelahnya sedang berdoa juga.

Santri: (Dengan senang) "Hai rupanya kamu ikut berdoa ya?"

Harimau: "Iya, doa sebelum makan" kata si harimau santai.

3. Anak SD mau ke surga

Cerita pendek lucu yang ketiga adalah tentang anak SD yang mau ke surga.

Suatu ketika, sejumlah murid salah satu kelas di SD sedang menjalani pelajaran agama. Dengan penuh semangat, seorang guru bernama Udin sedang memberikan pelajaran yang membahas mengenai surga. Usai memberikan penjelasan mengenai surga, sang guru lantas memberikan pertanyaan kepada seluruh muridnya. Berikut percakapannya:

"anak-anak, siapa yang mau masuk surga?" tanya Udin.

"Saya pak, saya," teriak seluruh murid.

Dari seluruh anak yang mengajukan diri, rupanya ada satu murid bernama Ucok tidak ikut berteriak. Hal itu membuat sang guru kembali bertanya.

"Yang mau masuk surga tunjukkan tangannya," tanya Udin lagi.

"Sayaa," teriak para murid berlomba-lomba mengangkat tangannya.

Lagi-lagi, Ucok tetap diam tak bergeming. Demi memacu semangat muridnya, dia pun kembali bertanya.

"Yang mau masuk surga ayo berdiri."

Mendengar itu, seluruh murid berdiri, kecuali Ucok yang tetap diam dan malah disibukkan dengan bukunya sendiri.

Merasa ada murid yang tak bersemangat, Udin pun menghampiri Ucok dan bertanya, "Cok, kamu mau masuk surga enggak?"

"Mau dong pak!" jawab Ucok.

"Terus kenapa kamu enggak berdiri?" lanjur Udin penasaran.

"Lha, memangnya mau berangkat sekarang pak?"

4. Kampanye caleg di suku pedalaman

Cerita pendek lucu yang keempat adalah kampanye caleg di suku pedalaman.

Sudah jadi rahasia umum setiap kampanye calon legislatif atau caleg selalu banyak umbar janji. Mau bikin ini-itu, mau kasih anu itu. Tapi seringnya janji susah terealisasi sehingga banyak membuat masyarakat kecewa. Seperti cerita kampanye caleg di suku pedalaman ini.

Sang kepala suku diminta mengumpulkan warga di lapangan pinggir hutan. Sang caleg pun mulai berpidato di depan para anggota suku yang belum berpakaian itu.

"Saudara-saudara sekalian. Kalau saya terpilih, saya akan memberi kamu semua pakaian bagus. kamu tidak akan telanjang dada lagi!" teriak si caleg.

Anggota suku tampak tertawa. "Bora..Bora," teriak mereka.

Melihat antusias penonton dan teriakan 'bora' yang seperti tanda dukungan, si caleg makin bersemangat. "Saya akan membangun gedung sekolah dan rumah sakit di sini!"

Anggota suku makin riuh bertepuk tangan dan bersorak. "Bora..bora..boraaa!"

"Hidup rakyat! Saya janji tidak akan ada saat kalian membutuhkan!" teriak si caleg.

Maka teriakan keras makin terdengar. "Boraaa...boraa..boraaaa!"

Si caleg merasa senang. Dia turun dari panggung sambil tak henti-henti tersenyum dan melambaikan tangan. Tak sadar dia melewati kandang kerbau dan menginjak kotoran kerbau.

Si kepala suku geleng-geleng. "Kamu tidak hati-hati. Coba lihat sepatu kamu itu, kena bora kerbau," kata si kepala suku.

 

5. Istri hajar suami hingga babak belur

Cerita pendek lucu yang kelima adalah istri hajar suami hingga babak belur

Bedu seorang polisi tadi pagi menginterogasi seorang wanita yang menjadi tersangka KDRT (kekerasan dalam rumah tangga) kepada suaminya. Si suami babak belur sampi bibirnya nyonyor dipukulin si istri.

Begini hasil wawancara singkat si Bedu:

Bedu: "Apakah yang dikatakan suami kepada kamu pagi itu?"

Wanita tersangka: "Dia mengatakan, 'Sekarang sudah jam berapa, Diana?'"

Bedu: "Lalu mengapa kamu menjadi marah dan memukul suami kamu hanya karena pertanyaan seperti itu?"

Tersangka: "Karena nama saya adalah Susan."

Bedu: Uppsss... banting lagi suaminya buk, banting!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ups, Huawei Kedapatan Pakai Foto DSLR di Promosi P30 Pro

Posted: 11 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei baru saja tersandung masalah yang cukup besar.

Menjelang peluncuran seri P30 Pro pada bulan ini, perusahaan berbagi poster yang mempromosikan sampel gambar kemampuan kamera smartphone terbarunya.

Namun kenyataanya, foto-foto yang tampil di dalam poster tersebut diambil menggunakan kamera DSLR, bukan menggunakan smartphone P30 atau P30 Pro, demikian seperti dikutip GSM Arena, Selasa (12/3/2019).

Diketahui, ini bukan pertama kalinya Huawei memalsukan hasil kamera yang diambil menggunakan smartphone-nya, terakhir kejadian itu berlangsung pada Agustus 2018 saat iklan komersial Huawei Nova 3.

Dalam hal spesifikasi, P30 Pro hadir dengan pengaturan empat kamera, lensa periskop (mirip dengan Oppo), dan kemampuan zoom hingga 7x.

Yang membuat kejadian ini cukup memalukan, beberapa foto yang diunggah CEO Huawei, Yu Chengdong, ke akun resmi Weibo resmi perusahaan ternyata ada di foto stok.

Kiri: poster Huawei. Right: foto milik Tom Pfeiffer. (Doc: GadgetMatch)

Hal itu terungkap setelah salah satu media, GadgetMatch, melakukan pencarian gambar ketiga poster milik Huawei tersebut di Google.

 

Hasil Pencarian Gambar di Poster Promosi Huawei

Salah satu toko resmi Huawei di Beijing, China (AP/Mark Schiefelbein)

Lebih lanjut, dia mendapati foto seorang anak kecil bermain dengan tiga ekor bebek--diklaim difoto menggunakan P30 Pro--sangat mirip (identik) dengan foto portfolio fotografer yang di-posting pada 2009.

Satu foto lainnya adalah sebuah poster yang memperlihatkan sebuah gunung memuntahkan lahar.

Nyatanya, itu adalah foto Gunung Anak Kratau, di Indonesia ketika meletus pada akhir tahun lalu dan berasal dari laman Getty Image.

Terlepas dari foto yang digunakan, penipuan untuk memasarkan perangkat bukan hal yang baru dalam hal industri smartphone. Sebelum Huawei, Samsung juga pernah melakukan hal yang sama.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: