Selasa, 19 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Ini Temuan Polisi Saat Rumah Bandar Narkoba di Lampung Digerebek

Posted: 19 Mar 2019 10:51 PM PDT

Patroli, Lampung - Polres Lampung Tengah mengerebek sebuah rumah milik bandar narkotika di Kampung Buyut, Kecamatan Gunung Sugih, Lampung Tengah, Lampung, Selasa siang, 19 Maret kemarin.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (20/3/2019), saat kamar tersangka digeledah ditemukan tas berisi 50 paket sabu-sabu yang dikemas dalam plastik. Selain sabu-sabu, polisi juga menemukan sebuah timbangan. 

Tersangka Ridwan merupakan DPO (Daftar Pencarian Orang) polisi terkait peredaran narkoba Lampung Tengah.

Sementara di Jawa Tengah, Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah menangkap dua pemuda yang berperan sebagai kurir ganja. Keduanya disergap di depan kantor Pos Jalan Imam Bardjo, Semarang.

Menurut polisi, Bondan dan Iham memang sudah diintai sejak keluar dari kantr Pos sambil membawa bungkusan ganja seberat 5 kilogram. 

Usai menangkap kedua tersangka, BNNP Jawa Tengah kemudian melakukan pengembangan dan menangkap pemilik ganja bernama Yosef di Puspanjolo, Semarang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Liburan Bersama di Jepang, Maudy Ayunda dan Kekasih Kompak Berbusana Serba Hitam

Posted: 19 Mar 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum melanjutkan studi S2, Maudy Ayunda berlibur ke Jepang bersama adiknya, Amanda Khairunnisa, dan ibunya Muren Murdjoko Jasmedi. Sejumlah kota mereka datangi, di antaranya, Osaka, Kyoto, dan Tokyo.

Ternyata, pelantun lagu Untuk Apa ini juga berlibur bersama kekasihnya. Ia membagikan momen romantisnya itu melalui unggahan di Instagram @maudyayunda, Rabu (20/3/2019). Ia tak bisa menahan ekspresi bahagianya saat berjalan berdampingan dengan Arsyah Rasyid.

Terlihat, Arsyah mengandeng tangan Maudy. Sementara, Maudy tersenyum lebar dengan pandangan tak ke samping. Meski begitu, ia mengaku khawatir dengan hubungan jarak jauh yang akan kembali mereka jalani.

"The idea of another year (or two 😝) apart feels a little scary. But we've conquered the long distance before, and honestly the video calls and gestures we shared the last time around were so crucial to the bond we have now, Dear universe, bring it on. We'll be two steps ahead," tulis Maudy di Instagram.

Kekompakan mereka sebagai sepasang kekasih juga terlihat dari gaya busananya. Maudy dan Arsyah sama-sama menggunakan busana berwarna hitam. Maudy memilih mengenakan celana cutbray dan blazer hitam. Ia menambahkan topi pet hitam dan tas Louis Vuitton untuk menyempurnakan penampilannya.

Sementara itu, Arsyah mengenakan jaket, celana, dan syal berwarna hitam. Tidak hanya itu, ia juga mengenakan jam tangan dan sepatu Nike warna abu-abu.

Pasangan yang sudah menjalin hubungan dari 2015 ini, ternyata sering menjalani hubungan jarak jauh. Tidak heran, setiap bertemu Maudy dan Arsyah mengabadikannya melalui Instagram masing-masing. (Indah Permata Niska)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Wisata Kuliner Jogja yang Menggoyang Lidah, Wajib Dicoba

Posted: 19 Mar 2019 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi primadona wisata. Banyaknya wisata di Jogja serta makanan-makanan yang enak jadi daya tarik sendiri kota pelajar ini. 

Tak ayal karena banyak wisatawan yang berkunjung di Jogja, membuat banyak wisata kuliner di Jogja. Wisata kuliner di Jogja pun ada yang benar-benar nikmat dan siap membuat kalian ketagihan. 

Yogyakarta akan membuat kalian rindu dengan citarasa khas makanan di Jogja. Dengan demikian sudah terangkum 7 macam makanan yang enak sekali di Jogja.

7 wisata kuliner Jogja tersebut sudah terangkum pada artikel di bawah ini, berikut seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019). 

Bebek, Gudeg, Mie Ayam, dan Ayam

Ternyata, inilah rahasia yang membuat Gudeg Yu Djum selalu nikmat. Tak lupa semangat yang selalu diberikan oleh Yu Djum pada karyawannya.

1. Sego Saduk Suroboyo

Walaupun ada kata Suroboyo di kata Sego Saduk, tapi rasanya kalau kalian ke Jogja, jangan sampai melewatkan wisata kuliner ini. Wisata kuliner Jogja ini jangan diragukan lagi kenikmatannya. Menu andalan di Sego Saduk ialah nasi protol bebek. Rasa nasinya gurih, dan tentunya nagih dengan potongan bebek dicampur dengan bumbu gurih dan sambal membuat Sego Saduk selalu ramai dikunjungi. Sego Saduk ialah kuliner malam paling laris di Jalan Seturan. Dengan menghadap jalan raya, malam hari kalian di Jogja akan terasa sangat sempurna. Sego Saduk ini harganya cukup terjangkau, satu porsinya hanya 13 ribu saja. Dijamin deh ketika kalian disana, tidak akan kecewa dan siap balik lagi kesana. Untuk jam bukanya, Sego Saduk buka dari jam 8 malam hingga dini hari.

2. Gudeg Yu Djum

Wisata kuliner Jogja selanjutnya ialah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum merupakan salah satu makanan legendaris yang ada di Jalan Wijilan. Keenakan Gudeg Yu Djum akan sempurnakan liburan kalian di Jogja. Citarasa manis yang berpadu dengan rasa pedas dari krecek, menjadi ciri khas Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum termasuk kuliner yang murah dan legendaris, hanya perlu mengeluarkan 10 ribu rupiah, kalian sudah bisa menikmati Gudeg Yu Djum. Wisata kuliner Jogja yang legendaris ini sudah ada sejak 1950. Jadi soal rasa dan citarasa yang khas dari Jogja jangan diragukan lagi, mantap abis deh!

3. Mie Ayam Pak Waldi

Walaupun Mie Ayam sudah termasuk kuliner yang pasaran dan selalu ada dimana pun, tapi untuk Mie Ayam Pak Waldi bisa jadi perkecualian. Mie Ayam Pak Waldi yang terletak di jalan Perumnas, selalu ramai walaupun tempatnya hanya kecil dan sederhana. Namun kenikmatan Mie Ayam Pak Waldi mengalahkan kesederhanaan itu. Mie Ayamnya berukuran kecil, dengan kuahnya begitu sedap saat dirasakan. Ditambah juga dengan pangsit dan ceker menyempurnakan kuliner kalian di Jogja. Untuk harga, Mie Ayam Pak Waldi hanya dipatok 8 ribu saja. Dengan uang yang hanya 8 ribu, kalian merasakan mie ayam super enak yang ada di Jogja.

4. Ayam Cahdojo Warung Demen

Berada di Nologaten, Ayam Cahdojo Warung Demen menjadi hidden treasure wisata kuliner Jogja. Kenapa disebut hidden treasure, karena Ayam Cah Dojo ini letaknya tersembunyi dan jauh dari keramaian. Meskipun demikian, karena keenakannya, Ayam Cah Dojo tetap saja selalu ramai. Ayam Cah Dojo memiliki porsi yang sangat besar. Satu porsi dengan nasi dan es teh memiliki harga 18 ribu rupiah. Untuk kualitas rasa sangat nikmat, dan pastinya kalian bakal nagih. Ayam tepungnya yang digunakan dada dan iti porsi besar. Ayam Cah Dojo mulai malam jam 18.00 WIB.

Sate, Angkringan, Nasi Pecel

Ada dua nama penjual sate klatak yang akhir-akhir ini cukup sering diperbincangkan, yaitu Pak Pong dan Pak Bari, yuk kita intip ulasannya.

5. Sate Klatak Pak Pong

Ke Jogja tanpa makan Sate Klatak rasanya kurang lengkap. Wisata kuliner jogja asli ini memang sangat nikmat, dan tempat kuliner yang sangat direkomendasikan ialah sate klatak pak pong. Sate kambing yang ditusuk jeruji besi dari velg sepeda ini berada di Jalan Imogiri Timur. Sate Klatak Pak Pong siap menggoyang lidah kalian dengan sensasi daging kambing yang super nikmat. Untuk bisa menikmati sate klatak ini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang 12 ribu saja. Sate Klatak Pak Pong tidak pernah sepi, buka dari jam 9 pagi dan tutup di jam 11 malam. Kenikmatan yang hakiki bakal kalian rasakan deh, makanya mampir ke Sate Klatak Pak Pong!

6. Angkringan Lik Man

Angkringan juga jadi wisata kuliner Jogja yang tidak boleh dilupakan. Kesederhanaan di angkringan menjadi daya tarik mengaoa wisatawan wajib mencoba makan di Angkringan. Dan makan di Angkringan yang legendaris dan wajib dicoba ialah Angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man sudah ada sejak 1967. Angkringan yang berada didekat Malioboro ini memang tidak pernah mengenal kata sepi. Kopi Jos menjadi menu andalan di Angkeingan Lik Man. Kalian bisa menemukan Angkringan Lik Man dari jam 2 siang hingga dinihari. Untuk harga jangan ditanya, murah banget, ya namanya juga angkringan, harga dimulai dari 500 rupiah yakni jajanan seperti kacang dan lain-lain.

7. SGPC Bu Wiryo

Walaupun bukan menjadi makanan khas Jogja, tapu sego pecel atau nasi pecel SGPC Bu Wiryo tidak boleh sama sekali dilewatkan. SGPC Bu Wiryo sudah ada sejak 1959. Nasi Pecel ini bisa dinikmati dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Nasi pecel yang tidak pernah sepi ini memang menjadi wisata kuliner Jogja yang sangat nikmat karena pendamping nasi pecelnya ialah anek gorengan, sate usus, sate telur puyuh, hingga telur ceplok. Terletak di Jalan Agro Caturtunggal, SGPC Bu Wiryo wajib dicoba bagi wisatawan yang berkunjung di Jogja.

Jadi itulah 7 wisata kuliner di Jogja yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Selain Jogja berhati nyaman, ternyata Jogja juga tempat terbaik untuk makan-makan. Yuk wisata kuliner ke Jogja!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Pastikan Penyaluran Subsidi Tepat Sasaran di NTT

Posted: 19 Mar 2019 10:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) memastikan subsidi listrik di Nusa Tenggara Timur (NTT) diberikan secara tepat sasaran, dengan memadankan Data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) sebanyak tiga kali, yaitu pada 2016, 2017 dan 2019.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Ignatius Rendroyoko mengatakan, PLN berhasil menyelesaikan 100 persen pemadanan data  sebanyak 43.113 pelanggan. 

"Pasukan Transaksi Energi dan hampir seluruh pegawai PLN UIW NTT turut membantu pelaksanaan survei," kata Rendroyoko, di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Pada proses pemadanan data TNP2K, PLN bertugas mencocokan data Basis Data Terpadu dengan identitas pelanggan PLN. Hal ini bertujuan memastikan rumah tangga penerima subsidi benar–benar berhak menerima sesuai data terpadu.

"Pemadanan ini juga dilakukan dalam rangka pemuktahiran (updating) data terpadu oleh Kemensos dan TNP2K," ungkapnya.

Rendroyoko menambahkan, saat ini PLN menggunakan data terpadu yang tercantum dalam Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 32 Tahun 2016, selanjutnya akan diperbarui menjadi data terpadu Surat Keputusan Menteri Sosial Nomor 71 Tahun 2018.

Senior Manager Pemasaran dan PP (Pelayanan Pelanggan) UIW NTT, Andhoko Soeyono mengungkapkan, proses pemadanan data dimulai dengan survei pertama tahap pemilahan data. Pada tahap itu dilakukan pemilahan wilayah, mulai dari provinsi, kabupaten, kecamatan sampai desa.

Pemilahan provinsi dilakukan oleh Unit Induk, untuk kabupaten oleh Unit Pelaksanan Pelayanan Pelanggan (UP3) dan untuk kecamatan dan desa dilakukan oleh Unit Layanan Pelanggan (ULP).

Pemilahan ini bertujuan memastikan wilayah tersebut masuk dalam unit masing-masing. Setelah pemilahan, unit wajib mencetak dan menandatangani berita acara pemilahan data.

Tahapan selanjutnya adalah pencetakan data, yakni formulir survei yang dibawa ke lokasi. Proses pencetakan dilakukan di ULP, per lokasi (Desa), dan kemudian diberikan ke petugas dengan dilengkapi Berita Acara Serah Terima.

Setelah dicetak dan diserahkan ke petugas, tahap selanjutnya adalah pelaksanaan survei. Petugas datang ke lokasi sesuai alamat dan mendata sesuai dengan isi formulir.

"Sampai dengan 15 Maret 2019, seluruh ULP di bawah PLN Wilayah Nusa Tenggara Timur sudah menyelesaikan survei TNP2K, sehingga target yang diberikan dapat tercapai secara jumlah dan waktu. Selanjutnya akan dilakukan sampling backcheck dari PLN Pusat untuk memastikan data yang di-input sudah sesuai. Terima kasih kepada semua Tim TNP2K 2019 PLN NTT, dari Unit Induk, UP3 dan ULP atas kerja kerasnya, sehingga pekerjaan mulia ini dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu," ujar dia.

 

Pemerintah dan PLN Terus Sambungkan Listrik Gratis buat Warga Miskin

Ilustrasi tarif Listrik Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Sebelumnya, Pemerintah dan PT PLN (persero) terus berupaya memberikan penyambungan listrik gratis untuk masyarakat miskin. Program tersebut didanai dari Anggran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan,‎ pemasangan listrik gratis merupakan bentuk penyaluran subsidi ke rakyat miskin yang tidak mampu memasang listrik. Adapun biaya penyambungan tersebut sebesar Rp 1 juta.

"Sebagian APBN murni yang berikan subsidi ke rumah tangga miskin, yang tidak mampu membayar ongkos pemasangan pertama," kata Sri Mulyani saat menghadiri program ‎Sinergi Untuk Rakyat, di Desa Sindangsari, Kabupaten Serang, Banten, Jumat 15 Maret 2019.

Menurut Sri Mulyani, program tersebut akan dibiayai dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Namun karena anggaran tersebut tidak cukup maka juga akan dimodali dari tanggung jawab sosial BUMN.

"Dari keseluruhan program listrik nasional yang dilakukan Kementerian ESDM bersama dengan kementerian BUMN dan PLN, kita gunakan seluruh sumber daya," tuturnya.

Sri Mulyani mengungkapkan, program pemasangan listrik gratis terus dilaksanakan, untuk mengejar pemerataan kelistrikan (elektrifikasi) di seluruh Indonesia.

"Agar program 100 persen elektrifikasi bisa tercapai," tandasnya.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kedatangan TVXQ dan Super Junior ke Indonesia Disambut Histeris Penggemar

Posted: 19 Mar 2019 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua boyband asuhan SM Entertainment, Super Junior dan TVXQ akhirnya singgah lagi ke Tanah Air. Mereka telah tiba di Bandara Ngurah Rai, Bali pada Selasa (20/3/2019).

Dua anggota TVXQ, Yunho dan Changmin serta anggota Super Junior, Donghae, Leeteuk, Eunhyuk dan Shindong tiba di Bali pukul 17.00 WITA. 

TVXQ dan Super Junior kemudian meneruskan perjalanan ke Yogyakarta. Penggemar langsung menyambut kedatangan Yunho, Changmin, Leeteuk, Donghae, Eunhyuk dan Shindong dengan antusias.

Ada ratusan penggemar yang menanti TVXQ dan Super Junior di bandara.

 

Sambutan Fans

TVXQ dan Super Junior ( AsiaToday.co.kr)

Mereka datang mengenakan pakaian yang kasual. Sesekali Yunho, Changmin, Leeteuk, Donghae, Eunhyuk dan Shindong tersenyum kepada fans yang menyapa mereka.

Momen kedatangan dua boyband papan atas Korea Selatan ini juga dibagikan oleh penggemar mereka di media sosial. Seketika video tersebut menjadi viral dan menuai perbincangan hangat.

 

Empat Hari di Yogyakarta

Super Junior (allkpop)

Rencananya TVXQ dan Super Junior akan berada di Yogyakarta pada 20-24 Maret 2019. Mereka akan syuting ke beberapa tempat di Yogyakarta untuk acara variety show.

Program tersebut kabarnya akan tayang di saluran YouTube SM Entertainment dan televisi. Namun Cassiopeia dan ELF--sebutan penggemar mereka-- tampaknya harus sedikit bersabar. Pasalnya program tersebut baru tayang pada September mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Potong Rambut Rp 1,7 Juta, Ini 10 Kota Termahal di Dunia Bagi Ekspatriat

Posted: 19 Mar 2019 10:37 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Untuk pertama kalinya, Paris dan Hong Kong bergabung bersama Singapura di jajaran pertama kota paling mahal bagi ekspatriat.

Dikutip dari Voice of America, Rabu (20/3/2019) hal ini diungkapkan berdasarkan survei Economist Intelegence Unit (EIU). Posisi nomor satu ini ditempati Paris, berbagi dengan Singapura dan Hong Kong.

Ibu kota Prancis ini menjadi satu-satunya wilayah yang menggunakan mata uang Euro, yang masuk 10 besar. Tahun lalu, Paris berada di urutan kedua, dan berada di urutan ketujuh pada 2017 sebagai kota paling mahal di dunia.

Paris "sangat mahal," tulis laporan itu. Harga rata-rata pakaian jas kerja lelaki disebut mencapai €1,700 atau sekitar Rp 27 juta.

Sementara upah potong rambut perempuan di Paris biayanya sekitar 106 Euro atau setara dengan Rp 1,7 juta. Di Hong Kong, potong rambut harganya Rp 1,5 juta. Biaya potong rambut mencapai Rp1,3 juta di Singapura.

EIU mengungkapkan ini adalah untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun terakhir, ada tiga kota yang berada di posisi teratas. Tahun lalu Singapura yang memuncaki daftar ini.

Daftar 10 besar kota paling mahal didominasi oleh Asia dan Eropa. Osaka dan Seoul berada di tempat kelima dan ketujuh. Zurich (4), Jenewa (5) dan Kopenhagen (7) juga masuk daftar ini.

Di Amerika Utara, kota-kota yang masuk daftar adalah New York, juga di posisi 7, dan Los Angeles di posisi 10, berbagi dengan Tel Aviv.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Apa Saja yang Masuk Penilaian?

Singapura telah 5 tahun menjadi Kota Termahal di Dunia

Nilai mata uang, inflasi, devaluasi dan kondisi politik masuk dalam penilaian, kata EIU yang menyurvei 133 negara di seluruh dunia.

Selain itu, EIU juga membandingkan harga 160 produk dan jasa, termasuk makanan, minuman, pakaian, biaya sewa rumah, transportasi, pendidikan dan hiburan.

Survei ini bertujuan untuk membantu berbagai perusahaan untuk menghitung tunjangan untuk karyawan asing dan staf yang berkunjung dari luar negeri.

Di sisi kota yang paling murah, Karakas (Venezuela) menggeser Damaskus (Suriah), sebagai kota paling murah di dunia.

"Seperti Damaskus dan Karakas, banyak kota yang masuk daftar paling murah sebagai dampak memburuknya kondisi politik dan ekonomi negaranya," tulis EIU.

Sejumlah negara Asia masuk daftar termurah ini: Bengaluru (129), Karachi (127), Chennai (125) dan New Delhi (123) berada di posisi-posisi bawah.

10 Kota Paling Mahal

10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal, Mana Saja?

1. Singapura (Singapura)

1. Paris (Prancis)

1. Hong Kong (Hong Kong)

4. Zurich (Swiss)

5. Jenewa (Swiss)

5. Osaka (Jepang)

7. Seoul (Korea Selatan)

7. Kopenhagen (Denmark)

7. New York (Amerika)

10. Tel Aviv (Israel)

10. Los Angeles (Amerika)

 

10 Kota Paling Murah

Bantuan asing masih tertahan di Kota Pacaraima di perbatasan Venezuela dan Brasil (AFP)

1. Karakas (Venezuela)

2. Damaskus (Suriah)

3. Tashkent (Uzbekistan)

4. Almaty (Kazakhstan)

5. Bengaluru (India)

6. Karachi (Pakistan)

6. Lagos (Nigeria)

7. Buenos Aires (Argentina)

7. Chennai (India)

8. New Delhi (India)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

All New Honda Brio Made in Karawang Segera Terbang ke Filipina dan Vietnam

Posted: 19 Mar 2019 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) telah resmi meluncurkan model terbaru all new Honda Brio di salah satu gelaran otomotif bergengsi tahun lalu. Selain untuk diniagakan di Indonesia, citycar andalan pabrikan berlambang huruf 'H' ini juga akan mulai diekspor.

Dijelaskan Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT HPM, ekspor ini akan dilakukan akhir bulan dan menuju dua negara tujuan, yaitu Filipina dan Vietnam.

"Pada 26 Maret kita akan undang rekan media ke pabrik, untuk merayakan ulang tahun HPM ke-20 sekaligus acara ekspor perdana kami," jelas Jonfis di sela-sela media test drive all new Honda Brio, di Sentul, Jakarta Barat, Rabu (20/3/2019).

Lanjut Jonfis, untuk ekspor ini akan dilakukan secara CBU atau ekspor utuh. Namun, untuk berapa unitnya, pria ramah ini masih enggan menyebutkan secara detail.

"Nanti detail pas acara ekspor, masih menggunakan nama Brio," tegasnya.

Selanjutnya

Sementara itu, pemilihan Honda Brio untuk diekspor ke Filipina dan Vietnam karena menganggap mobil ini cocok untuk negara tersebut.

Selain itu, dengan dimensi yang kecil, harga terjangkau, dan efisien dianggap sangat cocok untuk karakter konsumen di dua negara tersebut.

"Untuk ke depannya, negara tersebut akan memerlukan mobil dengan karakteristik seperti itu (Honda Brio)," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda-Tanda Kiamat Kecil dan Kiamat Besar Menurut Islam yang Jarang Diketahui

Posted: 19 Mar 2019 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini begitu banyak terjadi fenomena alam maupun peristiwa yang menurut banyak kalangan mengatakan bahwa itu merupakan tanda-tanda kiamat sudah dekat. Berbagai peristiwa tersebut di antaranya adalah timbulnya berbagai bencana alam seperti gunung meletus, gempa bumi, banjir bandang, dan bencana-bencana alam lainnya yang menimpa di berbagai penjuru dunia. Bahkan beberapa waktu lalu banyak isu-isu beredar akan datangnya hari kiamat.

Hari kiamat atau hari akhir saat bumi hancur leburkan dan umat manusia dibangkitkan kembali dari kematiannya memang masih menjadi misteri dan tidak ada seorang pun yang mengetahuinya kecuali Allah SWT. Meskipun hari kiamat belum nampak, ada beberapa tanda yang merupakan peringatan bagi umat islam bahwa kiamat sudah dekat.

Meskipun prediksi kiamat tersebut terbukti tidak benar akan tetapi banyak orang yang mempercayai kiamat memang sudah dekat.  Hingga saat ini tidak ada ilmu yang dapat memastikan kapan kiamat atau hari akhir akan datang. Lalu bagaimana kiamat menurut agama Islam? Dan apa tanda-tanda kiamat kecil menurut Islam? Berikut tanda-tanda kiamat kecil yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

Tanda-Tanda Kiamat Kecil

Dalam agama Islam kiamat dibagi menjadi dua, yaitu tanda-tanda kiamat kecil dan tanda-tanda kiamat besar.  Tanda-tanda kiamat  kecil yaitu tanda yang mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan merupakan sesuatu yang dianggap biasa. Tanda-tanda kiamat kecil sangat banyak, bahkan tanda-tanda itu bisa dijumpai di kehidupan kita saat ini. Beberapa tanda-tanda tersebut sudah ada sejak zaman para Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya.

Seperti diutusnya Nabi Muhammada SAW sebagai Rasul dan wafatnya Nabi Muhammad SAW. Kedua peristiwa tersebut merupakan tanda-tanda kiamat kecil yang ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat. Nabi Muhammad diutus menjadi Rasul sebagai tanda kiamat kecil karena Nabi Muhammad SAW adalah Nabi terakhir dan tidak akan lagi ada Nabi atau Rasul setelah beliau.

Berikut tanda-tanda kiamat kecil yang lainnya:

1. Saling berlomba-lomba meninggikan bangunan

2. Terjadinya banyak pembunuhan

3. Waktu yang berlalu terasa semakin singkat

4. Sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan tanah longsor dan lain sebagainya.

5. Munculnya gaya hidup mewah dan manja di kalangan umat Islam

6. Orang Yang Baik Berkurang Sedang Yang Jahat Bertambah Banyak

7. Manusia mewarnai rambut di kepalanya dengan warna hitam supaya kelihatan muda

8. Negara Arab menjadi padang rumput & sungai

9. Pria menyerupai wanita dan wanita menyerupai pria

10. Bulan sabit terlihat besar

Tanda-Tanda Kiamat Besar

Kiamat besar tidak akan terjadi, sebelum muncul beberapa  tanda-tandanya.  Sesuai dengan sebuah hadist dari Huzaifah bin Asid Al-Ghifari ra. berkata:

"Datang kepada kami Rasulullah SAW dan kami pada waktu itu sedang berbincang-bincang. Lalu beliau bersabda: "Apa yang kamu perbincangkan?" Kami menjawab: "Kami sedang berbincang tentang hari kiamat"

Lalu Nabi SAW bersabda: "Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu melihat sebelumnya sepuluh macam tanda-tandanya." Kemudian beliau menyebutkannya:

"Asap, Dajjal, binatang besar, terbit matahari dari tempat tenggelamnya, turunnya Isa bin Maryam Alaihissalam, Ya'juj dan Ma'juj, tiga kali gempa bumi, sekali di timur, sekali di barat dan yang ketiga di Semenanjung Arab yang akhir sekali adalah api yang keluar dari arah negeri Yaman yang akan menghalau manusia ke Padang Mahsyar mereka." (HR Muslim)

8 Tanda-tanda kiamat besar menurut Rasulullah:

1. Asap

Tanda-tanda kiamat besar yaitu munculnya Asap atau dukhan yang akan keluar dan mengakibatkan penyakit yang seperti flu di kalangan orang-orang yang beriman dan akan mematikan semua orang kafir.

2. Munculnya Dajjal

Tanda-tanda kiamat besar yang kedua Dajjal diceritakan hanya memiliki satu mata dengan mata sebelah kanan buta. Diceritakan bahwa ia akan membawa fitnah besar yang akan merenggut keimanan sehingga banyak orang yang akan mendengar seruannya.

3. Binatang Besar

Dalam ayat Al-Quran mengatakan akan ada binatang besar yang hadir di bumi untuk menunjukkan kekuasaan Allah.

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat- ayat Kami" (Qs. An Naml ayat 82).

4. Matahari muncul dari barat

Tanda-tanda kiamat besar yang keempat yaitu matahari akan muncul dari arah matahari terbenam.

 

Tanda-Tanda Kiamat Besar: Turunnya Nabi Isa AS

5. Turunnya Nabi Isa

Dalam surat Ali Imran ayat 55 mengatakan bahwa Nabi Isa tidaklah dibunuh oleh orang-orang Yahudi, melainkan Allah mengangkat Nabi Isa ke langit. Saat hari kiamat besar terjadi nantinya Nabi Isa diturunkan kembali ke bumi untuk membunuh Dajjal.

6. Ya'juj dan Ma'juj

Ya'juj dan Ma'juj adalah dua suku yang akan muncul pada akhir zaman. Mereka dikisahkan memiliki kekuatan sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi, dan mereka akan berperang melawan Nabi Isa beserta pasukannya di bukit Thursina.

7. Tiga Penenggelaman Bumi

Pada hari kiamat akan terjadi penenggelaman daratan dimuka bumi yang meliputi bagian bumi bagian barat, timur serta jazirah Arab.

8. Munculnya Api yang Mengumpulkan Manusia

Kiamat akan terjadi ketika api keluar dari Yaman yang akan menggiring manusia ke Syam. Sesuai dengan hadist berikut ini:

Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher onta daerah Bushra. (HR. Bukhari 7118 & Muslim 2902).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Romahurmuziy, KPK Sita Laptop hingga Uang Ratusan Juta dari Laci Kantor Menag

Posted: 19 Mar 2019 10:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergerak mencari bukti soal dugaan suap yang dilakukan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Usai melakukan Operasi Tangkap Tangan atau OTT, KPK menggeledah ruangan Kepala Kanwil Kementerian Agama Jawa Timur (Kakanwil Jatim), Kantor DPP PPP, hingga ruang kerja Menteri Agama.

Penggeledahan tersebut dilakukan KPK untuk mencari barang bukti dugaan suap jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin juga bergeral cepat. Ia langsung memberhentikan dua anak buahnya yang terlibat kasus dugaan suap seleksi jabatan itu.

Dari hasil OTT Romahurmuziy, KPK mengamankan uang Rp 156.758.000. Kemudian, saat menggeledah ruang Menteri Agama, KPK juga turut menyita sejumlah uang dalam pecahan Rupiah dan Dollar.

Berikut barang-barang yang disita KPK usai melakukan OTT terhadap Romahurmuziy di ruang Menteri Agama, Kantor DPP PPP, dan Kakanwil Jatim dihimpun Liputan6.com:

 

1. Sita Laptop

Ketua Umum PPP, Romahurmuziy dengan mengenakan rompi oranye memasuki mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). Romahurmuziy yang terjerat OTT di Surabaya pagi itu resmi menjadi tahanan KPK. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Rumah mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy turut jadi sasaran penggeledahan KPK.

"Hingga malam tim juga ditugaskan lakukan penggeledahan di rumah RMY di Condet," tutur juru bicara KPK Febri Diansyah, Selasa, 19 Maret 2019.

Penggeledahan itu dilakukan penyidik KPK pada Senin, 18 Maret malam.

"Dari lokasi tersebut disita barang bukti berupa laptop," jelasnya.

 

2. Uang Ratusan Juta dari Laci Menteri Agama

Petugas menunjukkan barang bukti uang hasil OTT terhadap Ketum PPP Romahurmuziy, di gedung KPK, Jakarta, Sabtu (16/3). KPK menetapkan Romahurmuziy sebagai tersangka suap pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

KPK membeberkan nominal uang yang disita dari Kantor Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin terkait kasus jual beli jabatan yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy. Totalnya ada sekitar Rp 180 juta ditambah US$ 30 ribu.

"Kemarin sudah dilakukan penyitaan terhadap uang yang ditemukan di laci meja ruang kerja Menteri Agama. Uang tersebut akan diklarifikasi juga jumlahnya dalam rupiah sekitar Rp 180 jutaan dan dalam US dolar ada sekitar 30 ribu," tutur juru bicara KPK Febri Diansyah.

Uang tersebut kemudian akan dipelajari penyidik KPK dan menjadi bagian dari pokok perkara kasus tersebut. Termasuk juga menyelidiki sejumlah dokumen yang didapatkan dari lokasi penggeledahan lain, yakni kantor DPP PPP dan rumah Romahurmuziy di Condet.

"Akan kami lakukan analisis lebih lanjut karena kami juga ada tentu bukti-bukti terkait barang-barang yang disita," jelas dia.

 

3. Satu Koper dari Kantor Kanwil Kemenag Jatim

Penyidik KPK membawa koper seusai menggeledah kantor Kementerian Agama, di Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (18/3) malam. Penyidik membawa dua koper berisi dokumen dan uang senilai ratusan juta rupiah. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Petugas KPK membawa satu unit koper berwarna biru usai melakukan penggeledahan di ruangan kantor Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Haris Hasanudin di kawasan Juanda di Sidoarjo Jawa Timur, Selasa 19 Maret 2019.

Petugas yang turun dari lantai dua tempat ruangan tersebut berada langsung turun dan menuju ke kendaraan yang sudah menunggunya sejak siang.

Antara melansir, petugas KPK keluar dari ruangan itu sekitar pukul 19.00 WIB tanpa memberikan keterangan kepada media terkait dengan penggeledahan itu. Petugas melakukan penggeledahan tersebut sekitar pukul 14.00 WIB.

Belum ada pernyataan resmi terkait dengan penggeledahan ini, namun yang jelas KPK sebelumnya sudah menyegel ruangan Kepala Kanwil Kemenag Jatim setelah melakukan operasi tangkap tangan (OTT).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Polda Metro Jaya Ciduk 9 Tersangka Pemalsuan Materai

Posted: 19 Mar 2019 10:33 PM PDT

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat (tiga kiri) menunjukkan bukti kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat (tiga kiri) menunjukkan bukti kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat (tengah) memberi keterangan terkait kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Wahyu Hadiningrat (tengah) memberi keterangan terkait kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi menyita 1.500 lembar materai palsu 6000 dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Barang bukti kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi menyita 1.500 lembar materai palsu 6000 dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menunjukkan barang bukti materai palsu saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi juga menyita 30 lembar materai palsu 6000 siap edar dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menunjukkan barang bukti materai palsu saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi juga menyita 30 lembar materai palsu 6000 siap edar dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Subdit 3 Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap sembilan tersangka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Subdit 3 Sumdaling Ditreskrimsus Polda Metro Jaya menangkap sembilan tersangka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi menyita 1.500 lembar materai palsu 6000 dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Tersangka kasus tindak pidana pemalsuan materai dan pencucian uang dihadirkan saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi menyita 1.500 lembar materai palsu 6000 dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menunjukkan barang bukti materai palsu saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi menyita 30 lembar materai palsu 6000 siap edar dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Petugas menunjukkan barang bukti materai palsu saat rilis di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (20/3). Polisi menyita 30 lembar materai palsu 6000 siap edar dengan isi 50 keping per lembar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Anggota Brimob Tewas Ditembak KKSB Nduga

Posted: 19 Mar 2019 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah baku tembak terjadi antara Brimob dengan kelompok kriminal sipil bersenjata (KKSB) di Nduga, Papua.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fungsi Firewall pada Jaringan Komputer, Lengkap dengan Manfaat dan Cara Kerjanya

Posted: 19 Mar 2019 10:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini, semakin banyak orang yang mampu mengakses internet dengan mudah. Jika dahulu internet kebanyakan diakses oleh muda-mudi, kini orang dewasa pun mampu berselancar dengan nyaman di dunia internet. Seiring dengan perkembangan zaman, penggunaan internet semakin tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia.

Pasalnya, internet menyediakan informasi serta media untuk berkomunikasi tidak terbatas jarak untuk penggunanya. Namun, selain dampak positifnya, tak ayal internet juga memberikan dampak negatif bagi penggunanya.

Ibarat rumah yang pintunya tidak dikunci, maka keamanan penghuninya akan terancam. Begitu pula dengan internet yang bisa diakses oleh semua orang. Oleh karena itu, internet membutuhkan tembok pelindung untuk melindungi komputer atau perangkat yang mengakses internet dari berbagai macam ancaman. Pelindung tersebut dinamakan firewall.

Pengertian Firewall Pada Jaringan Komputer

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer (Sumber: Pixabay)

Lebih lanjut, firewall merupakan sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi untuk melindungi komputer dari berbagai macam serangan komputer luar. Dengan adanya firewall, dapat dipastikan bahwa data pada komputer atau server web yang terhubung tidak akan bisa diakses oleh siapapun di Internet.

Jika terjadi kejanggalan seperti pihak lain yang mencoba mengakses informasi pribadi, maka otomatis akan diblokir oleh firewall. Firewall pada jaringan komputer dapat diterapkan terhadap software, hardware, maupun sistem yang terdapat dalam komputer.

Selain fungsi firewall yang paling utama tersebut, ada beberapa fungsi lain yang disediakan firewall. Selengkapnya, berikut adalah fungsi firewall pada jaringan komputer yang jarang diketahui, seperti yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

Fungsi Firewall Pada Jaringan Komputer

1. Sebagai kontrol pengawas arus paket data

Firewall berfungsi untuk mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir pada jaringan. Selain itu, fungsi firewall juga mencakup modifikasi paket data yang datang sehingga mampu menyembunyikan sebuah IP address.

2. Sebagai pos keamanan jaringan

Fungsi firewall termasuk dalam mengontrol lalu lintas data saat mengakses jaringan privat yang dilindungi. Semua lalu lintas yang keluar masuk jaringan harus melewati firewall untuk dilakukan pemeriksaan, entah itu dengan cara menyaring, membatasi atau bahkan menolak.Firewall akan bekerja menurut kriteria seperti alamat IP dari komputer sumber, Port TCP/UDP sumber dari sumber, alamat IP dari komputre tujuan, Port TCP/UDP tujuan pada komputer tujuan, dan informasi dari header.

3. Mencatat aktivitas pengguna

Setiap kali pengguna komputer mengakses data, firewall akan mencatatnya sebagai dokumentasi (log files). Catatan data tersebut akan digunakan untuk mengembangkan sistem keamanan komputer. Selain itu, fungsi firewall beroperasi untuk melakukan autentifikasi terhadap akses ke jaringan.

4. Mencegah informasi bocor

Fungsi firewall lebih dari sekedar mencatat aktivitas pengguna. Firewall mampu mencegah bocornya informasi yang berharga. Lebih jelasnya, firewall mencegah pengguna mengirim file berharga yang bersifat konfidensial atau rahasia kepada pihak lain.

Manfaat Firewall Pada Jaringan Komputer

1. Firewall mampu menjaga informasi rahasia dan berharga milik pengguna yang berkemungkinan menyelinap keluar tanpa sepengetahuan.

2. Firewall bermanfaat sebagai filter yang digunakan untuk mencegah lalu lintas tertentu mengalir ke subnet jaringan.

3. Firewall memiliki peran lain seperti memodifikasi paket data yang ada di firewall yang disebut dengan Network Address Translation (NAT).

4. Firewall bahkan dipercayai sebagai akurasi data seperti informasi keuangan, spesifikasi produk, harga produk dan banyak lainnya.

 

Cara Kerja Firewall

1. Firewall bekerja dengan cara menganalisis paket data yang keluar dan masuk ke dalam lingkungan yang dilindungi oleh sistem firewall. Paket data yang mengandung kejanggalan akan ditolak untuk masuk ataupun keluar jaringan komputer yang dilindungi.

2. Filter firewall akan bekerja melakukan pemeriksaan sumber dari paket data yang masuk untuk mengontrol paket dari mana saja yang boleh masuk. Sistem juga akan melakukan pemblokiran pada jenis jaringan tertentu sekaligus mencatat lalu lintas paket data yang mencurigakan.

 

Jenis-jenis Firewall Pada Jaringan Komputer

1. Packet Filtering Router

Packet Filtering Router memfilter paket data berdasarkan alamat dan pilihan yang telah ditentukan terhadap paket tersebut. Jenis firewall ini bekerja dalam level internet protocol (IP) yang memegang keputusan mengenai tindakan selanjutnya.

2. Circuit Gateways

Circuit Gateways beroperasi pada lapisan transport pada jaringan di mana koneksi diautorisasi berdasarkan alamat. Circuit Gateways mencegah koneksi langsung antar jaringan. Circuit Gateways biasanya tidak dapat memonitor lalu lintas data yang mengalir antara satu jaringan dan jaringan lainnya.

3. Application Gateways

Application Gateways disebut sebagai firewall berbasis proxy. Application Gateways beroperasi di level aplikasi dan dapat mempelajari informasi pada level data aplikasi. Application Gateways memiliki kelebihan yaitu lebih aman daripada Packet Filtering Router. Khususnya untuk mengaudit dan mendata semua aliran data yang masuk pada level aplikasi.

4. Hybrid Firewalls

Jenis firewall yang ke-empat ini adalah jenis campuran. Hybrid Firewalls menggunakan elemen-elemen dari satu atau lebih jenis firewall. Hybrid Firewalls bukanlah inovasi baru. Terdapat firewall komersial seperti DECSEAL yang menggunakan proxy pada bastion hosts.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kontroler Gaming Google Stadia Resmi Muncul

Posted: 19 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google baru saja mengumumkan kehadiran platform gaming berbasis cloud miliknya yang diberi nama Stadia. Bersamaan dengan platform ini, Google sekaligus mengungkap kehadiran kontroler gim besutannya.

Dikutip dari Polygon, Rabu (20/3/2019), kontroler ini bukan satu-satunya perangkat yang dapat dipakai untuk bermain di platform Stadia. Pemain masih dapat memanfaatkan kontroler berbasis USB atau bluetooth. 

Namun untuk mendukung kenyamanan bermain, kontroler ini sudah dibekali beberapa tombol yang memudahkan pengguna saat bermain.

Salah satunya adalah tombol untuk meminta bantuan pada developers. Selain itu, ada pula tombol yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot permainan dan membagikannya ke teman-teman.

Secara desain, kontroler ini sebenarnya tidak jauh berbeda dari perangkat serupa. Kontroler ini memiliki d-pad, joystick, face buttons, dan shoulder buttons.

Untuk terhubung dengan platform Stadia, kontroler ini memanfaatkan jaringan Wi-Fi. Google sendiri kini baru mengungkap tiga warna kontroler, yakni black, white, dan mint.

Sayang, Google belum mengungkap ketersediaan dan harga dari kontroler ini. Raksasa internet itu hanya menyebut informasi lebih lanjut seputar Stadia akan diumumkan pada pertengahan tahun ini.

Google Ungkap Layanan Streaming Gim Berbasis Cloud Bernama Stadia

CEO Google, Sundar Pichai mengungkap layanan streaming gim berbasis cloud buatan Google, yakni Stadia. (Doc: MobileSyrup)

Setelah beberapa bocoran informasi beredar di internet, Google akhirnya resmi mengungkap layanan streaming gim berbasis cloud miliknya, yakni Stadia.

Diumumkan pada acara Game Developers Conference di San Francisco, Amerika Serikat, Selasa (19/3/2019), pukul 10.00 waktu setempat, Google menjelaskan dan memperlihatkan cara kerja Stadia.

Sebagaimana dilansir The Verge, Rabu (20/3/2019), Sundar Pichai, CEO Google menjelaskan layanan streaming gim berbasis cloud ini dapat memainkan beragam judul gim di perangkat apapun.

Berbeda dari PS4 dan Xbox One yang memiliki keterbatasan harus bermain gim lewat konsol, Stadia mengandalkan infrastruktur cloud Google sehingga gamer dapat streaming main gim di PC (browser Chrome), smartphone, tablet, hingga TV (Chromecast).

Perusahaan raksasa mesin pencari tersebut menyatakan, layanan cloud streaming gim itu akan diluncurkan di Amerika Serikat, Inggris, Eropa dan Kanada pada akhir tahun ini.

Google sendiri hingga saat ini masih belum mengungkap berapa uang yang harus dikeluarkan gamer untuk menikmati layanan Stadia. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tabrak Statuta PSSI, Apakah Status Gusti Randa Sah?

Posted: 19 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gusti Randa mengaku mendapat penugasan langsung dari Joko Driyono untuk menjalankan roda organisasi PSSI. Dia membantah penunjukkannya lewat Rapat Exco.

Awalnya, penunjukkan Gusti Randa dikabarkan melalui Rapat Exco PSSI. Pria yang berprofesi sebagai pengacara ini juga menolak disebut sebagai Plt Ketua Umum PSSI.

Soal penugasan dari Joko Driyono, yang mundur dari Plt Ketum PSSI, menurut Gusti Randa itu diskresi kewenangan ketum. Dia hanya menerima penunjukkan dari Joko Driyono.

"Pak Joko tunjuk saya, makanya langkah pertama saya lakukan rapat Exco," beber Gusti Randa kepada wartawan.

Menariknya, Gusti Randa mengakui hal ini tidak terdapat di Statuta PSSI. Tapi, yang utama bagi Gusti Randa adalah PSSI tetap bisa menjalankan roda organisasi. 

Pasal 39

Penunjukkan Gusti Randa dinilai tabrak aturan Statuta PSSI. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Di Statuta PSSI memang tidak ada satu pun kata tentang diskresi ketika Ketua Umum mundur dan menunjuk pengganti. Lalu, bagaimana keabsahan Gusti Randa dalam memimpin PSSI.

Statuta PSSI, tepatnya pasal 39, menyatakan bahwa apabila ketua umum tidak ada atau berhalangan, maka wakil ketua umum dengan usia tertua akan menggantikannya. Lalu, bagaimana status Gusti Randa terkait penunjukkan itu, apakah sah dalam aturan PSSI? 

Mekanisme Lain

Atas dasar itu seharusnya Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto yang menempati posisi ketua umum saat ini ketika Joko Driyono berhalangan atau mundur. Namun, Gusti Randa menyatakan ada mekanisme lain untuk hal tersebut yakni diskresi.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Bingung Bedakan Ayu Dewi dengan Patricia Gouw

Posted: 19 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dalam konten terbaru di saluran YouTube-nya, Nagita Slavina mendandani Ayu Dewi. Sembari mengulas make up, keduanya pun berbincang tentang berbagai hal.

Salah satunya, Nagita Slavina menyebut bahwa Ayu Dewi memiliki kemiripan wajah dengan model sekaligus presenter, Patricia Gouw. Mendengar pernyataan Nagita, Ayu Dewi teringat satu hal.

Ayu Dewi menyebut bahwa suaminya, Regi Datau, pernah salah sangka bahwa Patricia Gouw adalah dirinya. Hal ini terjadi beberapa waktu yang lalu.

"Sering dibilang mirip. Bahkan waktu itu suami aku makan di mall terus dia bilang itu istri gua sombong banget jalan enggak lihat suaminya," cerita presenter kocak itu di YouTube Rans Entertainment belum lama ini.

 

Salah Lihat

Patricia Gunawan atau dikenal Patricia Gouw (https://www.instagram.com/p/Blcx9UiA6lV/)

Ya, saat itu, Regi Datau sedang berada di sebuah mall bersama teman-temannya. Mereka lantas menyadarkan Regi Datau bahwa yang dilihatnya bukanlah istrinya.

"Bro, itu Patricia Gouw. Kata temannya suami gua," papar Ayu Dewi. Nagita Slavina kemudian tertawa mendengar penuturan temannya itu.

 

Beban

Ayu Dewi dan Regi Datau (Adrian Putra/bintang.com)

Ayu Dewi pun sempat bingung, mengapa suaminya sendiri tak bisa membedakan antara istrinya dengan Patricia Gouw. Kerap disebut punya kemiripan dengan seorang model, agaknya menjadi beban sendiri bagi Ayu Dewi.

"Laki gua aja enggak ngerti gua yang mana. Entah suami gua yang (matanya) burem atau mengharap gua setinggi dan secantik itu. Kan kalau begitu pressure ya," tandas ibu dua anak tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Prank Kylie Jenner di Los Angeles

Posted: 19 Mar 2019 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta David Dobrik melakukan prank kepada beberapa masyarakat di Los Angeles. Ia mengundang orang ke dalam mobilnya dan bertanya tentang Kylie Jenner. Dan ternyata Kylie bersembunyi di belakang dan siap melompat keluar di saat yang tepat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibuka Menperin, Pameran Tenun dan Batik Ditargetkan Raup Rp 50 Miliar

Posted: 19 Mar 2019 10:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto membuka pameran Adiwastra Nusantara ke-12. Pada tahun ini, pameran yang menampilkan karya tenun dan batik nusantara tersebut mengangkat tema Wastra Adati Generasi Digital.

Pameran ini ditargetkan dihadiri lebih dari 40 ribu orang dari seluruh Indonesia dengan nilai penjualan Rp 45 miliar-Rp 50 miliar.

Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan, pameran Adiwastra Nusantara merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mempromosikan budaya dalam karya wastra adati Indonesia. Tema Wastra Adati Generasi Digital menunjukkan bahwa wastra nusantara siap untuk bersaing di era ekonomi digital dimana persaingan usaha semakin kompetitif.

"Untuk menyikapi hal tersebut maka pemerintah berkewajiban meningkatkan daya saing produk dalam negeri," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Menurut Airlangga, untuk meningkatkan daya saing tersebut pemerintah mencanangkan Making Indonesia 4.0. Pada tahap awal implementasi Making Indonesia 4.0, Indonesia akan fokus pada 5 sektor prioritas yaitu, Industri Makanan dan Minuman, Industri Tekstil dan Busana, Industri Otomotif, Industri Elektronik, dan Industri Kimia.

"Sektor prioritas tersebut adalah sektor yang diyakini mempunyai daya ungkit besar dalam hal penciptaan nilai tambah, perdagangan, besaran investasi, dampak terhadap industri lainnya, serta kecepatan penetrasi pasar," kata dia.

Dia menjelaskan, industri tenun dan batik yang merupakan bagian dari kelompok industri tekstil dan busana memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional. Pada 2018, nilai ekspor tenun dan batik mencapai USD 53,3 juta dengan negara tujuan ekspor adalah Jepang, Belanda, dan Amerika Serikat.

"Industri tenun dan batik yang banyak ditekuni oleh industri kecil dan menengah (IKM) tersebar di sentra-sentra industri. Terdapat 369 sentra IKM tenun dan 101 sentra IKM batik yang tersebar di hampir seluruh wilayah Nusantara," ungkap dia.‎

Pameran ini diselenggarakan pada 20-24 maret 2019 di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC) dengan diikuti 413 stand peserta dari seluruh Indonesia. 

Kenalkan Tenun Asli Indonesia, Sarinah Gelar Pekan Lurik Indonesia

Pengunjung melihat-lihat produk kain tenun yang dipamerkan di Festival Sarung Indonesia 2019, Plaza Tenggara Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (3/3). Festival ini diikuti sejumlah perajin sarung tenun dari berbagai daerah. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Upaya melestarikan tenun lurik asli Indonesia, PT Sarinah (Persero) bekerja sama dengan Himpunan Wastraprema gelar Pekan Lurik Indonesia. Penyelenggaran pameran ini merupakan salah satu wujud kontribusi PT Sarinah untuk mendukung eksistensi UMKM kerajinan khas Indonesia.

Pekan Lurik Indonesia akan dibuka setiap hari dari tanggal 19 Maret hingga 31 Maret 2019, mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

 Direktur Ritel PT Sarinah, Lies Permana Lestari menyatakan acara ini merupakan bentuk dukungan Sarinah untuk melestarikan warisan Indonesia.

"Indonesia itu kurangnya satu, punya segalanya. Karena punya segalanya, jadi bingung apa yang harus dilestarikan. Lurik adalah salah satu bentuk warisannya, oleh karenanya kita jaga dan kenalkan ke masyarakat luas lewat pameran ini," pungkas Lies di Gedung Sarinah Departemen Store, Selasa (19/3/2019).

Lurik adalah salah satu wastra tertua sebelum batik dikenal yang berasal dari Jawa Tengah (Jogja dan Solo).

Pameran utamanya akan memperlihatkan koleksi kain lurik berumur puluhan tahun dari Rumah Wastra Jo Eeda dan Museum Tekstil Jakarta.

Kemudian, akan ada pasar lurik, fashiow show lurik, workshop dan bincang-bincang wastra lurik dengan narasumber ahli wastra Indonesia.

Pameran ini juga mengundang Komunitas Museum, The Indonesan Heritage Society, Women International Club dan khalayak umum secara luas. Tidak ketinggalan akan ada bazar unik selama pekan lurik berlangsung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Temuan Baru Polisi di Kasus Pembobolan ATM oleh Ramyadjie Priambodo

Posted: 19 Mar 2019 10:26 PM PDT

Patroli, Jakarta - Kasus pembobolan mesin ATM dengan metode skimming yang diungkap Polda Metro Jaya beberapa pekan lalu semakin mengemuka dengan adanya temuan-temuan baru dari penyidik.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Rabu (20/3/2019), tersangka Ramyadjie Priambodo sengaja membeli sebuah unit mesin ATM sebagai media pembelajaran. Polisi turut menelusuri jaringan pasar yang menjual mesin ATM kepada pelaku.

Saat ditemukan, mesin tersebut teronggok di kamar pelaku di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, berserta sejumlah mesin EDC dan kartu ATM nasabah. Selain untuk membeli mesin ATM, uang hasil kejahatan dipakai pula untuk kebutuhan gaya  hidup dan membeli uang virtual bitcon. 

Ramyadjie Priambodo diringkus di sebuah apartemen kawasan Sudirman, Jakarta, tanggal 26 Februari lalu. Polisi mendata hasil kejahatan skimming tersebut nilainya mencapai Rp 300 juta dari sedikitnya 90 kali transaksi ilegal.

Selama beraksi, pelaku mengaku kerap menggunakan kerudung untuk mengelabui identitasnya dari kamera pengawas atau CCTV.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sering Ditemani, Putra Iis Dahlia Mengaku Anak Mama

Posted: 19 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Devano Danendra kerap ditemani oleh ibunda tercinta, Iis Dahlia, ke manapun ia pergi. Terlebih saat ini Devano Danendra dan Iis Dahlia mengisi salah satu acara di stasiun televisi swasta bersama. 

Lantaran selalu bersama Iis Dahlia, Devano Danendra tak malu mengakui dirinya memang anak mami. Meski usianya sudah menginjak 16 tahun, namun ia masih sangat manja dengan ibunya.

"Anak mama dong. Aku manja," ujar Devano saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).

Baru Dekat

(Adrian Putra/Fimela.com)

Padahal dahulu Devano Danendra mengaku tidak sedekat ini dengan ibunya. Karena saat itu ibunya sangat sibuk dengan pekerjaanya sebagai public figur.

"Karena dulu aku waktu kecil jarang ke mama, tapi sekarang mungkin karena sering ketemu, ada satu program sama mama jadi aku enggak mau menyia-nyiakan sih," ujar Devano.

 

Posesif

Iis Dahlia pamer foto bersama putra tercintanya, Devano Danendra (Instagram/@isdadahlia)

Meski senang bisa bersama ibunya ke manapun pergi, namun diakui Devano, Iis Dahlia sangat posesif padanya. Sebagai ibu, itu adalah hal yang wajar dan kerap dilakukan oleh ibu manapun agar anaknya tidak salah jalan.

"Ya iyalah, haruslah. Harus tahu anak-anak lagi dekat sama siapa, lingkungannya seperti apa, anaknya seperti apa," ujar Iis Dahlia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Penyakit Pencernaan, Macam-Macamnya yang Sering Dialami dan Waspada Gejalanya

Posted: 19 Mar 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit yang sering terjadi oleh manusia ialah penyakit pencernaan. Mengalami penyakit pencernaan memang bukan hal yang baru. Akan tetapi, ada pula penyakit pencernaan yang bisa membahayakan kamu loh. Meskipun terdengar sepele, nyatanya kamu tak bisa membiarkan penyakit pencernaan ini begitu saja.

Organ pencernaan pada tubuh manusia sendiri ada 12 dimulai dari mulut hingga ke anus. Tentu saja, dengan banyaknya organ pencernaan ini, kemungkinan seseorang mengalami penyakit pencernaan pun semakin tinggi. Jika salah satu organ pencernaan mengalami masalah atau gangguan, tentu saja sistem pencernaan kamu pun bisa terganggu.

Pada sistem pencernaan manusia terdiri atas organ mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus. Akan tetapi sistem pencernaan bukan hanya itu saja. Ada pula organ pelengkat untuk membantu proses pencernaan, yaitu lidah, gigi, kelenjar air liur, kantung empedu, hati dan juga pankreas.

Jika sistem pencernaan ini terganggu, maka proses untuk menyaring nutrisi dan kinerja dari sistem pencernaan pun tidak bisa bekerja dengan baik. Jika sistem pencernaan tidak bisa bekerja dengan maksimal, maka timbullah penyakit pencernaan. Beberapa penyakit pencernaan pun bisa jadi sering kamu alami. Mengalami penyakit pencernaan ini bisa disebabkan karena makanan yang kamu santap.

Lebih lanjut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019) mengenai penyakit pencernaan yang sering menyerang manusia.

Macam penyakit pencernaan yang sering dialami

ilustrasi penyakit pencernaan (Sumber:pixabay)

Beberapa penyakit pencernaan memang sering menyerang siapa saja. Terdengar sepele, akan tetapi ada pula penyakit pencernaan yang bisa membahayakan juga loh. Untuk itu kamu pun harus memahami apa saja penyakit pencernaan yang bisa kamu alami. Berikut ini beberapa penyakit pencernaan yang bisa menyerang manusia.

1. Diare

Penyakit pencernaan yang cukup sering dialami orang-orang ialah diare. Penyakit pencernaan satu ini pun bisa dialami siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit pencernaan ini biasa disebabkan oleh bakteri yang ada pada makanan. Makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri inilah yang bisa mengganggu sistem pencernaan kamu. Bukan hanya karena terkontaminasi bakteri saja, akan tetapi kamu yang memiliki alergi ataupun salah makan pun bisa juga terkena penyakit pencernaan ini.

Meskipun penyakit ini tidak termasuk penyakit yang cukup serius. Akan tetapi bila tidak ditangani dengan benar, bisa menyebabkan dehidrasi dan juga kehilangan nutrisi pada tubuh. Gejala dari diare ini pun biasanya frekuensi untuk buang air besar pun meningkat. Selain itu, mengalami mual dna muntah serta sakit perut pun bisa menjadi tanda kamu terkena diare.

2. Gastritis

Penyakit pencernaan ini bisa terjadi akibat adanya peradangan ataupun pembengkakan pada lapisan kulit dalam lambung. Penyakit gastritis ini pun bisa disebut juga dengan radang lambung. Selain itu, penyakit ini bisa muncul secara tiba-tiba. Meskipun mirip dengan penyakit maag, akan tetapi gestritis ini berbeda dengan maag. Penyakit gastritis ini pun masih bisa disembuhkan dengan pengobatan. Akan tetapi, jika dibiarkan tentu saja bisa berbahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker perut.

Beberapa penyakit pencernaan bisa berbahaya

3. Ambeien

Ambeien ataupun penyakit wasir ini memiliki istilah medis yang disebut dengan hermoroid. Ambeien ini bisa terjadi karena adanya peradangan pembuluh darah pada lubang anus. Tanda kamu terkena ambeien sendiri ialah keluarnaya darah saat buang air besar. Selain itu, menahan buang air besar pun bisa membuat ambeien yang kamu alami semakin parah.

Untuk menangani gejala dari ambeien ini pun cukup mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memakan makanan yang kaya akan serat dan juga banyak minum air. Namun, jika sudah cukup parah ada baiknya kamu pergi ke dokter untuk mendapatkan resep obat.

4. Radang usus buntu

Radang usus buntu ini memiliki istilah apendistis. Seperti namanya, radang usus buntu ini bisa kamu alami karena adanya peradangan ataupun masalah pada bagian usus buntu. Penyebab dari terkena radang usus buntu ini pun bermacam-macam, bisa karena infeksi ataupun adanya sumbatan pada bagian usus buntu. Tanda-tanda kamu terkena usus buntu bisanya akan terasa nyeri di daerah dekat pusar, selain itu mual dan juga muntah bisa menjadi tanda kamu terkena usus buntu.

Bukan hanya itu saja, merasakan nyeri saat buang air kecil dan juga kram pada perut bisa juga menjadi gejala kamu terserang penyakit usus buntu. Pengobatan penyakit pencernaan satu ini pun hanya bisa dilakukan jika kamu melakukan operasi pengangkatan usus buntu.

 

Macam penyakit pencernaan

5. Batu empedu

Terkena batu empedu ini bisa menyebabkan nyeri pada bagian kanan atas perut loh. Hal ini dikarena adanya endapan keras yang terdapat pada kandung empedu. Penyebab kamu bisa terkena batu empedu ini bisa karena tingginya kadar kolesterol dalam tubuh ataupun zat-zat sisa yang masih ada pada empedu.

Selain itu, faktor genetik, mengonsumsi terlalu banyak obat serta kelebihan berat badan pun bisa menjadi penyebab kamu terkena batu empedu ini. Jika penyakit batu empedu yang kamu alami ini belum terlalu serius, kamu masih bisa mengonsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter. Akan tetapi, jika sudah terlalu serius, tentu saja jalan operasi menjadi pilihan untuk mengangkat batu empedu ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Wakil PM Selandia Baru, JK Ucapkan Belasungkawa

Posted: 19 Mar 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) melakukan pertemuan bilateral bersama Wakil Perdana Menteri sekaligus Menlu Selandia Baru Winston Peters usai membuka High-Level Dialogue on Indo-Pacific Cooperation (HLD-IPC) di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu, (20/3/2019).

Dalam pertemuan tersebut, JK mengucapkan belasungkawa atas terjadinya insiden penembakan di masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru.

"Kita baru saja pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri New Zealand. Pertama pemerintah dan rakyat mengucapkan belasungkawa,"kata JK di Hotel Fairmont, Jakarta Selatan, Rabu.

JK juga berterima kasih atas penanganan aksi teror dengan cepat. Dan dia berharap kondisi di sana berangsur pulih.

"Dan saya mengucapkan terima kasih karena secepatnya pulih di sana, dan ditangkap," kata JK.

 

Bahas Ekonomi

Dalam pertemuan tersebut, JK menjelaskan membahas beberapa hal. Salah satunya yaitu terkait peningkatan hubungan ekonomi.

"Kita juga meningkatkan hubungan ekonomi," ungkap JK.

 

Reporter: Titin Suprihatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elektabilitas Jokowi Tergerus di Survei Kompas, BPN Prabowo Singgung OTT Romi

Posted: 19 Mar 2019 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Andre Rosiade menyambut baik hasil survei Litbang Kompas yang menyatakan selisih antara Prabowo-Sandi dan Jokowi-Ma'ruf semakin tipis. Menurut dia, hasil survei itu semakin menguatkan bahwa Prabowo-Sandi akan memenangkan Pilpres 2019.

"Intinya survei Litbang Kompas memberikan sinyal kepada seluruh rakyat Indonesia, bahwa 17 April 2019, Prabowo akan menjadi Presiden Republik Indonesia," kata Andre saat dihubungi merdeka.com, Rabu (20/3).

"Di mana Kompas sudah menyatakan bahwa Jokowi sudah di bawah 50 persen dan memberikan sinyal sebenarnya ini. Sinyal saja bahwa Prabowo akan unggul di 2019 nanti," sambungnya.

Andre menilai elektabilitas Jokowi-Ma'ruf kini bisa jadi semakin merosot. Mengingat Ketua Umum PPP Romahurmuziy, salah satu partai koalisi Jokowi-Ma'ruf, baru saja ditangkap KPK karena terlibat kasus jual beli jabatan di Kementerian Agama. Kasus itu, kata dia, bisa mempengaruhi elektabilitas Jokowi-Ma'ruf.

"Orang dekat Presiden ditangkap KPK, teman diskusi Presiden ditangkap KPK. Orang kepercayaan Presiden ditangkap KPK. Ketua umum partai pendukung Jokowi ditangkap KPK, pasti lebih nyungsep lagi," ungkapnya.

Terlebih lagi, ujar Andre, saat ini masyarakat sudah tak lagi percaya dengan kinerja Jokowi sebagai capres petahana. Pasalnya, banyak janji kampanye yang belum ditepati.

"Jadi gini sederhana ya, rakyat butuh lapangan kerja terbuka, rakyat tuh harus punya harga-harga kebutuhan bahan pokok terjangkau, rakyat ingin pertumbuhan ekonomi meningkat. Ini yang tidak bisa dihadirkan oleh Jokowi dan rakyat ingin kasus Novel Baswedan selesai itu tidak mampu dilakukan oleh Pak Jokowi," ucapnya.

 

Hasil Survei Litbang Kompas

Seperti dikutip merdeka.com dari Harian Kompas Rabu (20/3), berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas, elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini lebih tipis dibandingkan dengan survei Litbang Kompas pada Oktober 2018. Elektabilitas Jokowi dan Prabowo saat ini hanya selisih 11,8 persen. Jokowi - Maruf mendapat perolehan suara 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Ma'ruf 37,4 persen. Sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Metode pengumpulan pendapat menggunakan wawancara tatap muka sejak tanggal 22 Februari - 5 Maret. Survei ini diikuti 2.000 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error penelitian plus/minus 2,2 persen.

Sebelumnya pada Oktober 2018 lalu, Litbang Kompas juga telah merilis elektabilitas dua pasangan capres. Saat itu, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebanyak 52,6 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga Uno32,7 persen. Sebanyak 14,7 persen masih merahasiakan pilihannya. Saat itu, selisih suara keduanya masih 19,9 persen.

Disebutkan pula, penyebab menurunnya elektabilitas Jokowi-Ma'ruf karena sejumlah hal. Seperti perubahan pandangan atas kinerja pemerintah, berubahnya arah dukungan kalangan menengah atas, membesarnya pemilih ragu pada kelompok bawah dan persoalan militansi pendukung yang berpengaruh pada penguasaan wilayah.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Mobil Terlaris di Indonesia, Avanza Sukses Geser Xpander

Posted: 19 Mar 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Model baru dari low multi purpose vehicle (LMPV) andalan PT Toyota Astra Motor (TAM), Avanza resmi meluncur pertengahan Januari lalu. Memiliki wajah baru, mobil sejuta umat tersebut sukses menggeser posisi Xpander di bulan Februari 2019.

Meski sepanjang Januari 2019 penjualan Mitsubishi Xpander masih memimpin, selama bulan Februari 2019, Avanza mampu mendominasi keadaan dengan menjadi mobil terlaris.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Avanza berhasil menggeser kejayaan Xpander dari angka penjualan secara wholesale (pabrik ke dealer) mencapai 5.700 unit.

Angka tersebut lebih besar sedikit dibanding Mitsubishi Xpander. Berhasil berada di posisi kedua, angka yang mampu ditorehkan sebanyak 5.532 unit.

Berada di posisi selanjutnya, penjualan Brio Satya mampu mengisi posisi ketiga mobil terlaris di Indonesia dengan angka penjualan sebanyak 4.688 unit sepanjang Februari 2019.

 

Selanjutnya

Untuk posisi keempat berhasil ditempati Toyota Rush dengan angka penjualan 4.341 unit. Sedangkan urutan lima ditempati Daihatsu Sigra dengan catatan penjualan 4.327 unit.

Berikut daftar 10 mobil terlaris di Indonesia sepanjang Februari 2019 yang dirilis Gaikindo.

1. Toyota Avanza 5.700 unit

2. Mitsubishi Xpander 5.532 unit

3. Honda Brio Satya 4.688 unit

4. Toyota Rush 4.341 unit

5. Daihatsu Sigra 4.327 unit

6. Toyota Kijang Innova 4.261 unit

7. Suzuki Carry Pick-up 3.684 unit

8. Daihatsu Xenia 3.207 unit

9. Daihatsu Granmax Pickup 2.657 unit

10. Toyota Calya 2.569 unit

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wisata Kota Malang Keren, Ini 5 Spot Liburan yang Anti-mainstream

Posted: 19 Mar 2019 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Malang menjadi kota kedua terbesar di Jawa Timur setelah Surabaya, dan memiliki atmosfer sejuk khas dataran tinggi. Hal ini menjadikan Malang sukses menarik perhatian para pecinta wisata di Indonesia.

Malang kini menjadi salah satu kota terbaik di Indonesia yang menawarkan gaya hidup urban modern dengan berpusat pada pertanian dan keindahan alam. Jadi siapa pun penikmat wisata akan bisa mendapatkan hiburan yang menguntungkan semua anggota keluarga.

Jika kamu punya rencana untuk berlibur ke Malang, tak perlu khawatir karena Malang menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk kamu kunjungi. Malang ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Malang juga punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, sampai air terjun yang sangat memanjakan mata. Berikut wisata kota Malang yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

1. Goa Pinus

Wanawisata atau wisata hutan belakangan ini memang tengah naik daun berkat trend foto folk yang menyajikan keindahan alam. Wisata kota Malang ini menyajikan keindahan hutan pinus dengan tambahan berupa keindahan Kota Batu.

Kota Batu yang terkenal dengan hawanya yang sejuk mampu menenangkan serta menyegarkan pikiran dan tubuh. Dahulu wisata kota Malang ini sebelum dikelola dengan baik adalah kawasan penambangan pasir, namun berkat perhatian dinas pariwisata setempat membuat objek wisata ini menjadi banyak dicari oleh traveller maupun photographer.

Tak hanya menyajikan pemandangan yang indah, wisata kota Malang ini juga memiliki banyak fasilitas yang memadai seperti tempat ibadah, toilet, hingga camping ground yang dapat digunakan untuk menghabiskan malam di objek wisata ini.

Objek wisata ini terletak di Gunungsari, Bumiaji Kota Batu, dan untuk masuk ke dalam objek wisata ini kamu hanya dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000.

2. Pantai Balekambang

(Sumber: iStockphoto)

Malang nyatanya tak hanya menyajikan panorama keindahan gunung maupun dataran tinggi. Di Malang kamu juga dapat menikmati keindahan daerah pesisir bagian selatan yang tentunya indah dan tak kalah cantik dibandingkan Bali. Salah satu destinasi pantai di Malang yang wajib dikunjungi adalah pantai Balekambang.

Pantai ini sepintas memiliki bentuk yang mirip di Bali. Wisata kota Malang ini mirip dengan Tanah Lot dimana di pantai tersebut terdapat Pura di pulau kecil yang berdekatan dengan pesisir. Pura tersebut bernama Pura Amerta Jati dan berdiri di atas pulau bernama Pulau Ismoyo.

Di pantai tersebut kamu dapat menikmati keindahan sunset dengan siluet dari Pura dengan bangunan yang khas. Saat air di pantai tersebut surut akan terlihat batu karang yang cukup eksotis di bibir pantai. Di sepanjang pantai dengan panjang mencapai 2 kilometer ini terdapat tiga buah pantai kecil dengan nama-nama tokoh pewayangan, yakni Pantai Anoman, Pantai Wisanggeni dan Pantai Ismoyo.

3. Pulau Sempu

(Sumber: iStockphoto)

Pulau Sempu disebut sebagai salah satu surga dunia. Pulau yang terletak sekitar 75 km dari pusat kota Malang ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Wisata kota Malang ini merupakan kawasan cagar alam yang dikelolah oleh pemerintah kota.

Vegetasi di sini cukup beragam mulai dari hutan pantai, hutan tropis sampai hutan bakau. Yang paling menarik di sini adalah Segara Anakan yang merupakan sebuah danau di tengah pulau dengan luas 4 hektar.

Segara Anakan menjadi daya tarik utama tempat wisata di Malang ini. Air dari telaga berasal dari ombak laut selatan yang masuk melalui lubang tebing di sisi danau ini. Air di danau dingin dan sangat jernih sampai kamu bisa melihat dasar danau dengan mudah. Di sini, kamu bebas berenang, bahkan memancing.

4. Coban Pelangi

(Sumber: iStockphoto)

Wisata kota Malang Coban Pelangi terletak di Kecamatan Tumpang atau sekitar 132 km dari pusat kota Malang. Jika beruntung, kamu bisa melihat pelangi di antara aliran air terjun setinggi 30 meter ini.

Selagi menunggu munculnya pelangi, kamu bisa bermain air di tepi air terjun, menikmati kuliner di warung atau duduk-duduk di pendopo yang ada. Tempat wisata kota malang ini berada di ketinggian 1.299 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai.

Untuk mencapai lokasi, kamu harus melewati hutan pinus, bukit-bukit dan menyeberangi sungai. Meskipun terkesan melelahkan dan lama, namun pemandangan yang indah di sekitar selama perjalanan akan membuat waktu terasa singkat.

5. Omah Kayu Paralayang, Batu

(Sumber: iStockphoto)

Wisata kota Malang ini menyediakan 6 buah rumah pohon yang masing-masing dapat menampung 3 orang. Pemandangan dari atas rumah pohon ini pastinya sangat luar biasa. Kamu bisa menikmati hijaunya pepohonan gunung di siang hari dan indahnya lampu kota di malam hari.

Konon, pemandangan paling indah di wisata kota Malang ini adalah pada saat matahari terbit. Di dalam rumah pohon ini juga tersedia ranjang dan peralatan makan. Kamar mandi dengan fasilitas air panas juga tersedia di bagian luar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bripka Fauzi, Polisi Baik Hati Penyedia 2.000 Nasi Bungkus Gratis untuk Duafa

Posted: 19 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Kebumen - Gerobak berwarna kuning merah itu terlihat mencolok di Jalan Yos Sudarso Nomor 283 Gombong, Kebumen. Bentuknya sederhana, mengingatkan gerobak satai, nasi uduk, atau bubur kacang hijau.

Tampak orang-orang berkerumun. Sementara, puluhan orang lainnya berbaris mengular puluhan meter di sisi kanan dan kiri Warung Shodaqoh ini. Sebagian besar adalah kaum duafa.

Bertajuk warung, tetapi Warung Shadaqah membagikan nasi bungkus gratis. Tak main-main, jumlahnya mencapai 2.000 bungkus. Warung gratis ini buka setiap hari Jumat.

Tak ayal banyak warga yang mengantre sejak warungnya dibuka dari pukul 09.00 WIB. Warung nasi bungkus gratis ini baru tutup seusai salat Jumat, sekitar pukul 13.00 WIB, atau setelah salat Jumat.

Ternyata, pendiri warung Shodaqoh ini adalah seorang polisi. Namanya, Bripka Fauzi Al Qomar, bertugas di Kepolisian Sektor Sempor, Kebumen.

Jauh hari sebelum mendirikan Warung Shodaqoh yang mampu menyediakan ribuan nasi bungkus gratis, Fauzi dan istrinya memulai sedekah tiap Jumat dengan memasak lima kilogram beras sejak 2017 lalu. Biasanya, dari lima kilogram beras itu, bisa menjadi 37 kotak nasi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Sedekah Diam-Diam

Warung Shodaqoh yang menyediakan 2.000 nasi bungkus gratis untuk kaum duafa dan yang membutuhkan. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Secara bertahap, pasangan suami istri ini terus menambah porsi masak, mulai dari 10 kilogram dan akhirnya kini mendirikan Warung Shodaqoh yang tiap hari Jumat memasak antara 1-1,5 kuintal beras. Dari jumlah beras sebanyak itu, ia mampu menyediakan antara 1.700-2.000 nasi bungkus gratis untuk para duafa.

"Alhamdulillah sampai saat ini keluarga dan teman-teman banyak yang mendukung. Ada juga beberapa donatur yang ikut berbagi melalui Warung Shodaqoh," katanya, Selasa, 19 Maret 2019.

Fauzi ikhlas membagikan makanan gratis kepada orang yang membutuhkan. Ia hanya ingin lebih bermakna bagi sesama.

"Memberi makan dan minum kepada yang dikenal dan tidak dikenal merupakan amalan sunah terbaik," ucap alumnus Sekolah Polisi Negara (SPN) Cisarua Tahun 2003 gelombang pertama ini.

Gaji sebagai seorang polisi berpangkat bintara, menurut dia, cukup untuk kehidupan sehari-hari. Rezeki itu terus disyukurinya. Salah satu caranya, yakni dengan cara berbagi.

Karenanya, ia pun mengajak donatur yang ingin ikut berbagi melalui Warung Shodaqoh. Semakin banyak yang bersedekah, maka kaum duafa yang terbantu pun bakal semakin banyak.

Untuk menjaga niat ikhlasnya dalam berbagi, Bripka Fauzi bahkan tak pernah melaporkan apa yang dilakukannya kepada kesatuan atau atasannya. Sebab itu, pihak Polres Kebumen justru baru tahu ketika kabar Warung Shodaqoh sudah riuh di masyarakat Kebumen dan sekitarnya.

 

Penghargaan untuk Polisi Baik Hati

Bripka Fauzi Al Qomar, pendiri Warung Shodaqoh yang menyediakan 2.000 nasi bungkus gratis untuk kaum duafa dan yang membutuhkan. (Foto: Liputan6.com/Polres Kebumen/Muhamad Ridlo)

Aksi Bripka Fauzi mendirikan Warung Shodaqoh dan memberikan makan secara gratis banyak menuai pujian dari berbagai kalangan. Akhirnya, kabar itu sampai juga ke para pimpinan di Polres Kebumen.

Kapolres Kebumen, AKBP Roberto Pardede, mengungkapkan beberapa hari terakhir banyak masyarakat yang mengucapkan terima kasih melalui aplikasi pesan di ponselnya. Dari pesan masyarakat itu lah, ia mengetahui Warung Shodaqoh.

"Kita tahunya, jika Bripka Fauzi mendirikan warung sedekah itu, dari masyarakat. Banyak masyarakat yang mengucapkan terima kasih melalui WhatsApp. Apa yang telah dilakukan oleh Bripka Fauzi ini, tidak pernah ia melaporkan ke kesatuan," kata Kapolres.

Roberto mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Bripka Fauzi. Menurut dia, apa yang dilakukan Bripka dapat membuat harum institusi Polri.

"Apa yang dilakukan oleh personel Polsek Sempor itu sudah memberikan nama baik bagi institusi Polri," ujarnya.

Selasa, 3 Maret 2019, Kapolres Kebumen AKBP Robert Pardede memberikan penghargaan secara langsung kepada bapak tiga anak ini. Penghargaan diberikan saat upacara bendera, Selasa pagi.

"Penghargaan diberikan untuk merangsang personel lainnya untuk lebih berprestasi. Penghargaan personel berprestasi akan diberikan setiap upacara bendera rutin di setiap bulannya," Kapolres menjelaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tingkatkan Keahlian Teknisi AC, Gree Indonesia Jalin Kerja Sama Strategis dengan APITU Indonesia

Posted: 19 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Gree Electric Indonesia Appliances (Gree Indonesia) menggandeng Asosiasi Praktisi Pendingin dan Tata Udara (APITU) Indonesia untuk meningkatkan keahlian teknisi air conditioner (AC) sekaligus memperkenalkan kepada konsumen mengenai kualitas produk AC Gree.

Penandatanganan kerja sama strategis dilakukan oleh CEO Gree Indonesia, Ethan Wu dan Ketua Umum APITU Indonesia, Moch. Zainul Arifin  pada hari Selasa 19 Maret 2019 bertempat di Mawar Ballroom, Balai Kartini, Jakarta. Disaksikan oleh segenap manajemen Gree Indonesia dan Pengurus serta perwakilan cabang APITU yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia.

Secara garis besar ada tiga tujuan dari kerja sama yang disepakati. Pertama, peningkatan keahlian para teknisi AC yang tergabung dalam APITU untuk lebih mengenal produk-produk AC Gree.

Kedua, tujuan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan tingkat profesionalitas teknisi AC karena selanjutnya Gree akan melakukan training berkala kepada para teknisi yang tergabung dalam APITU.

Terakhir, kerja sama ini akan memberikan bonus keuntungan bagi teknisi AC yang merekomendasikan produk Gree kepada pelanggan setianya. Tidak hanya harga khusus, ada keuntungan pengumpulan poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah menarik.

 

Kerja sama ini bukan hanya menguntungkan secara organisasi, namun kerja sama ini akan menguntungkan para tenaga profesi teknisi pendingin udara (AC/air conditioner) secara personal.

Dalam sambutannya,  CEO PT Gree Electric Appliances Indonesia, Ethan Wu mengatakan bahwa APITU adalah organisasi yang paling dinamis di pasar Indonesia. Alasan Gree Indonesia menggandeng APITU karena organisasi ini memiliki komitmen untuk mensejahterahkan anggotanya dengan cara menciptakan organisasi tenaga teknisi AC yang profesional.

"Tujuan dan konsep APITU sejalan dengan visi dan misi Gree Indonesia. Oleh karena itu, kami mengajak teman-teman praktisi di APITU untuk tumbuh dan berkembang bersama Gree Indonesia. Termasuk mempromosikan AC Gree langsung kepada konsumen dan menikmati manfaatnya," ucap Ethan Wu, CEO PT Gree Electric Appliances Indonesia.

Ketua Umum APITU Indonesia Moch. Zainul Arifin mengatakan secara organisasi, kerja sama APITU dengan Gree Indonesia sangat disambut baik oleh seluruh anggota APITU. Ia mengaku Gree adalah sebuah merek yang besar untuk produk pendingin udara.

"Fokus utama dari kerja sama ini adalah meningkatkan keahlian dan profesi teknisi AC yang tergabung di APITU. Kami juga gembira, ada bagian program dari Gree yang memberikan reward khusus bagi teknisi," ungkap Zainul.

Moch. Zainul Arifin menjelaskan untuk pelatihan teknisi AC Gree akan dilaksanakan di Trainning Center Sekretariat APITU yang berada di BSD City. Sebagai tahap awal pelatihan melingkupi area Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Lampung.

"Jabodetabek sendiri sebagai pilot project. Kalau berjalan dengan bersama Gree Indonesia harapannya dikembangkan ke area kerja anggota APITU yang ada di seluruh Indonesia," tutur Zainul. APITU secara resmi dan berbadan hukum berdiri tahun 2015. Hingga saat ini, APITU memiliki 4500 anggota, 24 perwakilan daerah, dan 198 perwakilan cabang di seluruh Indonesia.

Gree Indonesia perkenalkan floor standing 10 K dan F1

 

Gree Indonesia juga mengenalkan kembali dua produk AC Inverter unggulannya yaitu AC Inverter floor Standing 10 PK dan F1.

Bukan hanya mengumumkan kerja sama strategis dengan APITU, Gree Indonesia juga mengenalkan kembali dua produk AC Inverter unggulannya yaitu AC Inverter floor Standing 10 PK dan F1.

Floor standing 10 PK merupakan pendingin udara super efisien dibanding produk non-inverter yang ada di pasaran. Produk ini menjawab kebutuhan pendingin udara untuk tempat seperti bandara, pusat perbelanjaan, stasiun, halte, pabrik, dan tempat lainnya.

Produk ini memiliki desain side discharge pada unit outdoor hingga lebih hemat tempat, lebih kecil dan lebih ringan. Hemat ruang instalasi hingga 30%. Di tambah jarak tiupan angin mencapai 8 meter yang memenuhi kebutuhan ruang yang besar. Jarak pemasangan unit indoor dan outdoor bisa mencapai 50 meter dengan pipa panjang dan jarak vertikal mencapai 30 meter.

Produk unggulan lain yang diperkenalkan kembali adalah Gree F1. Produk favorit jenis spilt dari Gree ini terbukti canggih yang super hemat listrik dan bikin pengeluaran irit. Sederet keunggulan dimiliki, mulai dari teknologi pendinginan yang cepat hingga tarikan awal dengan daya listrik bertahap.

Perpanjang Garansi 5+10 Tahun

Di acara ini, Gree Indonesia juga akan memperkenalkan program terbarunya yang menguntungkan bagi konsumen yang membeli produk AC Gree jenis residensial dan light commercial selama periode 20 Maret - 30 Juni 2019.

Dalam periode tersebut konsumen akan diberikan perpanjangan garansi AC Gree untuk 5 tahun servis + 10 tahun perlindungan kompresor yang bernama Platinum Warranty. Di mana sebelumnya garansi standar yang diterima pelanggan hanya garansi servis 3 tahun dan garansi kompresor 5 tahun. Tidak tanggung-tanggung, nilai garansi servis yang diberikan dalam program ini setara dengan Rp 1.599.000,-.

"Program perpanjangan garansi ini membuktikan kualitas dari produk Gree. Semakin panjang jaminannya artinya produk Gree minim masalah, tahan lama, dan awet untuk pemakaian jangka panjang," ucap Will Wen, Vice President PT Gree Electric Appliances Indonesia dalam keterangannya.

Program ini sangat menguntungkan bagi konsumen produk Gree, karena perpanjangan garansi tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Cara mendaftarnya sangat mudah, karena pelanggan dapat melakukan secara online.

"Perpanjangan garansi 5+10 tahun menjawab kebutuhan pelanggan dengan memberikan jaminan bebas khawatir dalam jangka panjang tanpa biaya. Pelanggan juga lebih dimanjakan dengan layanan servis langsung ke rumah oleh teknisi ahli Gree Indonesia," tambah Will Wen. 

Pelanggan yang mendapatkan keuntungan perpanjangan garansi ini adalah pelanggan yang membeli AC Gree selama periode tertentu yakni pembelian dari 20 Maret - 30 Juni 2019. Jadi, mulai esok hari, program ini serentak akan langsung bisa didapatkan oleh konsumen Gree.

Setelah melakukan pembelian langsung, maka Anda akan diberikan kartu Platinum Warranty oleh penjualnya. Namun jika Anda membelinya secara online melalui marketplace, cara mendapatkan kartu tersebut berbeda.

Anda akan diminta untuk menghubungi Gree Indonesia dan mengirimkan bukti pembelian. Selanjutnya Gree akan mengirimkan kartu Platinum Warranty sesuai alamat yang diinformasikan. Paling penting, program perpanjangan garansi ini bisa didapatkan oleh Anda tanpa dipungut biaya sama sekali alias gratis!

Kartu Platinum Warranty tidak secara otomatis berlaku sebelum Anda melakukan aktivasi. Prosesnya tidak sulit, karena Anda bisa melakukan pendaftaran di mana saja karena aktivasi dilakukan online melalui microsites khusus.

Caranya adalah dengan memindai (scan) barcode yang ada di kartu Platinum Warranty. Hasil pindai akan mengarahkan Anda menuju microsites pendaftaran. Di microsites tersebut Anda wajib mengisi data sesuai dengan kartu perpanjangan garansi dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Gree http://www.gree.id, Facebook Gree Indonesia dan Twitter @greeindonesia.

PT Gree Electric Indonesia Appliances Indonesia adalah perusahaan pembuat pendingin udara internasional yang memadukan riset dan pengembangan, pemasaran, serta layanan terpadu. Berkantor pusat di Zhuhai, Gree adalah satu-satunya merek industri pendingin udara asal Tiongkok yang dinobatkan menjadi "World Brand" (merek dunia). Hal tersebut dibuktikan dengan tersebarnya unit pendingin udara di lebih dari 160 negara dan wilayah di seluruh dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu Wapres JK, Menlu Selandia Baru Sebut Pelaku Teror Christchurch Idiot

Posted: 19 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Perdana Menteri merangkap Menteri Luar Negeri Selandia Baru, Winston Peters mengatakan, tindakan yang dilakukan pelaku teror penembakan di Christchurch sebagai "tak berperasaan, idiot."

Hal itu disampaikannya kepada wartawan dalam pernyataan pers bersama dengan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di sela-sela dialog tingkat tinggi Indo-Pasifik di Jakarta, Rabu 20 Maret 2019.

"Kami merasakan duka cita yang dirasakan Indonesia atas meninggalnya seorang warga Anda dan dua lain yang terluka," kata Peters (20/3/2019), merujuk pada almarhum WNI Lilik Abdul Hamid dan WNI ayah-anak, Zulfirman Syah dan Averroes.

"Hari ini, saya datang ke Indonesia yang memberikan simpatinya saat kami dalam keadaan tersulit," lanjutnya.

Peters juga mengatakan bahwa keadaan itu "mengubah kita selamanya."

Dalam kesempatannya, Wapres JK mengatakan "duka cita dari pemerintah dan masyarakat Indonesia" atas teror yang menewaskan 50 orang --termasuk seorang WNI-- di dua lokasi kejadian, Masjid Al-Noor dan Linwood Islamic Centre, di Christchurch pada 15 Maret 2019.

"Saya juga ucapkan terimakasih kepada Selandia Baru karena cepatnya polisi di sana dalam melakukan penangkapan terhadap pelaku," kata Wapres JK.

Pelaku penembakan, Brenton Tarrant (28) merupakan warga negara Australia yang berdomisili di Christchurch, Selandia Baru sejak beberapa tahun terakhir. Pria yang mengklaim sebagai pendukung "supremasi kulit putih" itu telah ditangkap dan didakwa pada 16 Maret dengan pasal pembunuhan, serta akan dijerat dengan tuntutan lain dalam persidangan lanjutan April nanti, kata otoritas.

Komisaris Kepolisian Selandia Baru, Mike Bush mengatakan bahwa "Tersangka adalah satu-satunya orang yang dituduh melakukan penembakan," jelasnya yang kemudian menambahkan bahwa hal tersebut tidak konklusif.

Senada, Deputi PM Peters mengatakan, "Yang saya lihat, dia melakukannya sendiri ... tapi kami akan mencari tahu apakah ada orang lain," ujarnya di Jakarta.

"Tidak menutup kemungkinan ada orang-orang yang ikut berbagi perilakunya (Brenton Tarrant) yang tidak berperasaan, idiot, dan pengecut. Dan orang-orang seperti itu mungkin diterma di seluruh dunia, namun tidak di Selandia Baru," lanjut Peters.

 

Simak video pilihan berikut:

Australia Kutuk Warga Negaranya yang Jadi Pelaku Teror

Wajah Brenton Tarrant terduga pelaku penambakan di Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Warga Australia berusia 28 tahun tersebut melepaskan tembakan secara brutal ke dua masjid di Christchurch. (AP Photo)

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan mengutuk aksi teror yang dilakukan oleh pelaku penembakan di Christchurch, Brenton Tarrant  (WN Australia), menyebut bahwa tindakannya tidak dapat dibenarkan dan bahwa terorisme adalah musuh bersama.

"Atas nama pemerintah Australia, kami berbelasungkawa sedalam-dalamnya, kepada seluruh korban dan semua umat Islam di dunia," kata Quinlan dalam pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia di Jakarta, Selasa (19/3/2019).

"Saya memahami seorang warga Indonesia tewas, dua orang Indonesia lainnya, yang merupakan ayah dan anak, juga terluka akibat serangan itu. Saya turut berduka dan bersimpati kepada mereka," jelasnya.

Quinlan juga mengutuk aksi teror pelaku yang merupakan warga Negeri Kanguru dan mengatakan bahwa tindakannya tidak dapat dibenarkan atas alasan apapun.

"Kita semua menghadapi musuh bersama, yakni teror dan terorisme. Tidak memandang siapa pelakunya, siapa korbannya, serta apa alasannya, teror dan terorisme adalah musuh kita semua," tambahnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panjat Tembok Bak Spiderman, Aksi Bocah Ini Bikin Melongo

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada saja tingkah anak-anak yang buat kita geleng-geleng kepala. Terlebih lagi jika anak-anak berkumpul di satu kelas, tentu ada banyak keributan dan hal-hal nyeleneh yang mereka lakukan satu sama lain.

Ya, kalian tentu pernah merasakan masa-masa itu, bukan? Tak jarang berbagai hal kocak hingga aneh dilakukan oleh anak-anak sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua serta guru untuk menghadapinya.

Seperti yang dilakukan bocah SD satu ini. Video seorang bocah perempuan sedang menjadi perhatian warganet. Dalam video berdurasi 16 detik itu terlihat bocah perempuan yang mengenakan seragam pramuka itu memanjat tembok layaknya Spiderman.

Sontak saja keadaan kelas menjadi ricuh lantaran aksi bocah tersebut. Tak merasa takut sedikit pun, dengan mudah bocah tersebut "menempel" di dinding atas kelasnya. Tak beberapa lama, dia akhirnya turun dan kembali ke tempat duduknya. Tak diketahui bagaimana cerita awal bocah tersebut memutuskan untuk memanjat tembok.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Jadi Viral

bocah SD panjat tembok (foto: twitter/@jendjenggot)

Video yang diduga diabadikan sang guru pun sontak beredar luas di media sosial dan menjadi perhatian warganet. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara bocah tersebut memanjat tembok. Video yang diunggah oleh akun @ecaheh dan diunggah kembali oleh @jendjenggot tentu saja dibanjiri komentar warganet.

@Shabiqghazi92: Spiderwoman.

@raypratama123: Ini anaknya siapa sih? Buset dah.

@mayaww1: ngakak kirain adeknya kerasukan.

@esovaltinemcd: tailer kafir 3.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Viral, Tamu Datang ke Pesta Pernikahan Pakai Piyama

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bukannya pakai batik atau baju resmi lainnya, para tamu ini justru memilih datang dengan mengenakan piyama alias baju tidur. Peristiwa unik ini terjadi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanggapan Istri Sandiaga Uno Ketika Suaminya Dipuji Tampan

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sandiaga Uno, calon wakil presiden yang aktif di media sosial, khususnya Instagram. Ayah tiga anak ini tidak jarang membagikan potret dan video yang mengabadikan kegiatannya dalam berbagai kesempatan.

Di antara deretan unggahan, selalu ada saja komentar-komentar yang dituliskan warganet, tidak terkecuali yang melontarkan pujian soal ketampanan Sandiaga Uno. Terkait pujian tersebut, sang istri, Nur Asia pun mengucap syukur.

"Alhamdulillah, berarti masih ada yg memuji. Bang Sandi itu beruntung karena dia baby face padahal sudah mau 50 tahun ini," kata Nur Asia saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 18 Maret 2019.

Nur Asia menambahkan bahwa paras tampan dan tubuh bugar suaminya didapatkan karena melakukan beragam kegiatan menyehatkan mulai dari olahraga hingga rutin meminum air putih.

"Tapi memang karena dia rajin olahraga, terus minum air putih yang banyak, positive thinking, air wudu juga. Inner beauty kali ya," tambahnya.

Salah satu contoh berpikir positif ala Sandiaga Uno yang diungkapkan oleh Nur Asia ketika sang suami tidak menanggapi komentar-komentar negatif yang tertuju pada dirinya.

"Ada orang yang sudah nge-bully dia, kalau perempuan baper (terbawa perasaan) kalau dia justru 'Sudahlah non, nggak usah dibalas, nggak apa-apa'," lanjut Nur Asia.

Saat ditanya soal cemburu soal pujian tampan sang suami, Nur Asia menanggapi santai karena telah lama mengenal Sandiaga Uno. "Kami sudah kenal dari umur 14 tahun, 13 tahun pacaran dan menikah 23 tahun jadi 36 tahun. Memang lucu, kita kayak adik-kakak," ungkapnya lagi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lomba Maraton di Jepang, Zee Zee Shahab Dapat Teguran dari Tuhan

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zee Zee Shahab mengikuti turnamen Tokyo Marathon pada 3 Maret 2019. Bersama Soraya Larasati, Zee berlari marathon sejauh 42 kilometer.

Meski sudah mempersiapkan diri menghadapi lari jarak jauh itu, keberuntungan belum berpihak kepada Zee Zee Shahab. Pemain serial Islam KTP itu harus berhenti berlari di kilometer ke-30.

"Waktu awal masih bisa mengatasi, tapi lama-lama mulai terasa aneh," cerita Zee Zee Shahab di Jakarta, Selasa 19 Maret 2019.

Zee Zee menceritakan awalnya badan terasa menggigil dan kaku. Cobaan datang kala Zee Zee Shahab sudah menempuh jarak 30 kilometer dari lomba marathon tersebut. "Saya blackout di kilometer ke-30, bangun-bangun sudah di ambulans," ujarnya.

Hipotermia

Zee Zee Shahab. (Foto: instagram.com/zeezeeshahab)

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit, istri Prabu Revolusi diketahui mendapat serangan hipotermia. Kondisi itu terjadi karena transisi musim dingin ke musim semi yang sedang terjadi di Jepang.

"Dari pertama datang ke sana memang cuacanya masih dingin sekitar 3 sampai 5 derajat celcius. Pas hari H hujan turun dari pagi sampai siang tidak berhenti sama sekali," ucapnya.

Sebelum berangkat mengikuti marathon tersebut, Zee Zee sebetulnya telah mempersiapkan diri seoptimal mungkin. Ia rutin menjalani latihan segi fsik, psikis, hingga menjaga asupan gizi dan nutrisi.

Teguran Tuhan

Zee Zee Shahab

Zee Zee juga yakin kondisinya yang baru melahirkan anak kedua secara caesar juga bukan pemicu fisiknya menjadi lemah. Dia mengatakan, pascadua bulan melahirkan caesar, seorang ibu sebetulnya sudah diperbolehkan lari. "Lagi apes saja waktu itu," katanya.

Di balik kegagalannya mencapai finish, Zee Zee mengaku mendapat pelajaran dari kejadian yang dialaminya tersebut. "Mungkin itu cara Tuhan buat menegur supaya sudahan dulu," tuturnya. (Annisa Mutiara Asharini/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Vinicius Lebih Pilih Real Madrid Ketimbang Barcelona

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Gelandang muda Real Madrid, Vinicius Junior mengungkapkan alasan ia lebih memilih Real Madrid ketimbang Barcelona. Pemain asal Brasil ini menuturkan, proyek Real Madrid lebih menarik buatnya.

"Barcelona ingin membayar saya lebih tinggi, tetapi kami ingin proyek yang terbaik dan Marcelo juga Casemiro berbicara kepada saya dan membantu saya memutuskan," kata Vinicius seperti dilansir Sportskeeda.

Vinicius bergabung dengan Real Madrid pada Mei 2017 dari klub Brasil, Flamengo. Sebelum naik ke tim utama, Vinicius lebih dulu bergabung dengan akademi Los Galacticos -julukan Real Madrid.

Di musim pertamanya, Vinicius telah bermain 28 kali dan mencetak empat gol bagi Real Madrid. Sayangnya, pemain berusia 18 tahun ini harus mengakhiri musim lebih cepat karena cedera kaki saat melawan Ajax Amsterdam di Liga Champions.

Ia pun mendapat dukungan dari pelatih baru Real Madrid, Zinedine Zidane. "Dia sarankan untuk tenang soal cedera ini dan kembali lebih kuat," ujar Vinicius.

 

Sempat Berkunjung

Vinicius Junior (AFP/Gabriel Bouys)

Vinicius mengatakan, Barcelona dan Real Madrid memang tertarik untuk memboyongnya. Hal tersebut, kata Vinicius, diketahui dari ayahnya.

"Ayah saya tidak pernah bicara soal transfer, sampai Barcelona dan Real Madrid. Kemudian, kami mengunjungi dua klub itu dan saya suka keduanya," kata Vinicius.

Klasemen Liga Spanyol

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Earphone Tanpa Kabel Bisa Picu Kanker, Benarkah?

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perangkat baru biasanya hadir untuk memudahkan penggunanya. Salah satunya adalah earphone nirkabel yang membuat penggunanya tak perlu pusing dengan kabel-kabel yang sering menjadi kusut.

Di balik kepraktisan tersebut, ratusan peneliti justru mencemaskan soal kehadiran earphone nirkabel. 

Menurut The Vocket, Lebih dari 250 ilmuwan dari 40 negara mengaku prihatin dengan kandungan radiasi medan elektromagnetik non-ionisasi (electromagnetic fields/ EMF) yang terdapat dalam perangkat earphone nirkabel lantaran bisa memengaruhi biologis dan kesehatan.

Perangkat dihubungkan melalui Bluetooth, secara langsung menggunakan EMF untuk mentransmisikan data yang telah diketahui berbahaya.

Lewat saluran telinga yang mengarah langsung ke jaringan otak, gelombang radio yang dipancarkan bisa meningkatkan risiko kanker, stres, hingga kerusakan genetik.

Belum Ada Bukti Jelas

Ilustrasi earphone wireless Samsung. (Sumber: TechnoBuffalo)

Bahkan, para ilmuwan menemukan jika paparan radiasi EMF pada manusia bisa merusak DNA. 

Kendati demikian, profesor bioteknologi di University of Pennsylvania yang telah mempelajari efek radiasi perangkat nirkabel terhadap kesehatan manusia, Kenneth Foster meyakini jika paparan radiasi EMF tidak membahayakan kesehatan manusia.

"Ada ribuan makalah yang melihat relevansi frekuensi radio dengan kesehatan, tetapi argumen ini tidak memiliki kredibilitas," ucap Kenneth Foster yang diamini oleh sebagian ilmuan lainnya.

Menurutnya, WHO dan organisasi kesehatan dunia lainnya telah mempelajari efek samping Bluetooth, WiFi, dan teknologi perangkat nirkabel lain terhadap kesehatan manusia.

Hingga kini, Foster mengatakan lembaga kesehatan dunia belum menemukan bukti yang jelas terkait risiko potensial penggunaan perangkat nirkabel.

Reporter: Dream

Sumber: Dream.co.id

(Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gejala Cacingan Pada Anak dan Orang Dewasa yang Perlu Diwaspadai

Posted: 19 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit cacingan adalah termasuk penyakit yang tidak memandang usia, semua usia bisa mengalaminya. Tetapi kebanyakan orang menganggap cacingan hanya terjadi pada anak-anak.

Tidak banyak orang yang tahu mengenai jenis-jenis cacing dan penyebab cacingan pada orang dewasa. Penyakit yang satu ini tentu tidak boleh dianggap remeh, karena jika dibiarkan bisa menurunkan tingkat kesehatan anak dan bahkan orang dewasa sekalipun.

Penyakit cacingan pada manusia sering disebabkan oleh parasit cacing yang hidup di usus besar dan usus halus. Cacing-cacing ini bisa bertahan hidup karena mendapat nutrisi dari menyerap darah di dinding usus dan sari makanan yang dimakan.

Cacing yang menyerang manusia setidaknya ada empat macam antara lain cacing kremi, cacing gelang, cacing pita, dan cacing tambang. Berikut gejala cacingan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/3/2019).

Gejala Cacingan

Ilustrasi cacing gelang (iStock)

Gejala cacingan ternyata berbeda-beda, tergantung pada jenis cacing apa yang berkembang di dalam tubuh. Berikut gejala cacingan menurut jenis cacing yang berkembang:

1. Gejala cacingan akibat cacing kremi

Cacing kremi merupakan cacing yang berukuran sangat kecil, pipih, berwarna putih yang akan menginfeksi bagian sistem pencernaan manusia. Cacing kremi termasuk dalam kelompok parasit pinworm.

Orang dewasa memang lebih jarang mengalami infeksi cacing kremi. Biasanya jika orang dewasa mengalami infeksi cacing kremi adalah orang yang merawat anak yang terkena infeksi cacing kremi. Jika perawat anak ini terkontaminasi cacing kremi, ia berisiko juga menularkan cacing ini pada pasangannya saat berhubungan seksual.

Gejala cacingan kremi yang perlu diwaspadai antara lain adalah:

· Gejala cacingan pertama adalah sering gatal di bagian anus, gatalnya terasa sangat kuat. Apalagi saat di malam hari. Pada malam hari, spesies betina cacing ini akan menetaskan telur-telurnya di bagian anus.

· Tidur gelisah sebab bagian rektum (anus) terasa tidak nyaman.

· Nyeri, ruam, atau iritasi di kulit sekitar anus.

· Adanya cacing kremi di feses.

· Ditemukan cacing di daerah anus.

2. Gejala cacingan akibat cacing gelang

Gejala cacingan akibat cacing gelang adalah infeksi yang disebabkan oleh Ascaris lumbricodes. Ascaris termasuk parasit dalam tubuh manusia dari jenis roundworms. Cacing ini seringnya berada pada lingkungan yang tidak bersih dan tinggal di wilayah yang beriklim hangat.

Gejala cacingan awal dari cacing ini biasanya tidak ada gejalanya. Gejala cacingan akan muncul seiring pertumbuhan cacing yang semakin berkembang. Terdapat dua gejala cacingan yang dapat terjadi, tergantung ke bagian tubuh mana cacing itu menginfeksi. Organ tubuh yang biasa diserang adalah paru-paru dan usus.

Gejala cacingan yang akan muncul saat terjadi infeksi cacing gelang di paru-paru yaitu:

· Batuk-batuk

· Napas terasa semakin pendek

· Ada darah di dalam mukus

· Dada terasa tidak nyaman

· Demam

Gejala cacingan yang akan muncul saat cacing ini menyerang bagian usus adalah:

· Mual

· Muntah

· Diare

· Perut terasa tidak nyaman

· Penurunan berat badan

· Selera makan menurun

· Penyumbatan usus sehingga perut bisa terasa nyeri dan terjadi muntah parah

Gejala Cacingan

Ilustrasi Cacing Pita (iStockphoto)

3. Gejala cacingan akibat cacing pita

Cacing pita adalah salah satu jenis parasit dari kelompok tapeworm. Cacing pita akan menginfeksi usus manusia. Cacing pita tidak dapat hidup bebas di alam, cacing ini membutuhkan inang untuk hidup, yakni di tubuh binatang atau di tubuh manusia.

Biasanya telur cacing ini memasuki tubuh manusia karena makan daging mentah atau setengah matang. Namun, infeksi juga bisa terjadi akibat kontak antara manusia dengan feses binatang dan air yang sudah tercemar.

Saat awal cacing pita masuk ke dalam tubuh manusia, tidak ada gejala cacingan yang muncul. Meski demikian, lama-lama pertumbuhan telur cacing di dalam tubuh akan menimbulkan berbagai gejala cacingan seperti:

· Sakit perut

· Muntah dan mual

· Merasa lemas

· Diare

· Penurunan berat badan

· Perubahan selera makan

· Kesulitan tidur, diduga akibat gejala-gejalanya

· Pusing

· Bisa kejang pada kasus yang parah

· Kekurangan vitamin B12 pada beberapa kasus

4. Gejala cacingan akibat cacing tambang

Cacing tambang termasuk parasit jenis hookworm yang akan masuk ke dalam tubuh manusia dalam bentuk telur atau larva yang berada pada tempat yang terkontaminasi feses. Tempat bekas feses ini bisa ditemukan di mana-mana, mulai dari semak-semak, kebun, atau lapangan.

Kebiasaan bertelanjang kaki dan menginjak tempat-tempat terkontaminasi akan sangat memudahkan larva atau telur cacing tambang masuk ke kulit. Saat masuk pertama kali menembus kulit, larva cacing akan membuat gatal dan muncul ruam. Selanjutnya orang akan mengalami diare setelah merasa gatal dan ruam sebagai akibat dari pertumbuhan parasit ini di dalam usus.

Gejala cacingan lain yang akan muncul adalah:

· Kehilangan nafsu makan

· Penurunan berat badan

· Kelelahan

· Anemia

· Demam

· Perut nyeri

· Ada darah ketika buang air besar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cari Dana Segar, Visi Media Asia Tawarkan Saham 10 Persen

Posted: 19 Mar 2019 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) akan menawarkan saham terbatas dengan mekanisme penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement.

Mengutip laporan yang disampaikan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Rabu (20/3/2019), perseroan akan menawarkan saham sebanyak-banyaknya 1,64 miliar saham atau 10 persen dari jumlah modal ditempatkan dan telah disetor penuh dalam perseroan.

Dana hasil penawaran saham terbatas ini membayar utang dan kebutuhan modal kerja. Anak usaha perseroan yaitu PT Lativi Mediakarya (LM) wajib membayar sebagian utang berdasarkan senior facility agreement yang jatuh tempo hingga Oktober 2019 (akhir tahun ke-2 dari tenor senior facility) sebesar USD 9,40 juta.

Anak usaha perseroan juga butuh modal kerja untuk mengembangkan usaha yang berasal dari kas internal hasil usaha anak perseroan. PT Visi Media Tbk sebagai entitas induk dari LM yang memiliki secara langsung dan tidak langsung 99,99 persen saham LM. Perseroan juga sebagai penjamin atas utang berdasarkan senior facility agreement.

Dari keterbukaan informasi BEI tersebut, pada 17 Oktober 2017, LM membuat dan teken senior facility agreement dengan LM bersama PT Cakrawala Andalas Televisi (CATV) sebagai borrower atas senior facility agreement sebesar USD 173,60 juta.

Pinjaman itu diberikan oleh sindikasi kreditur melalui agen fasilitas Madison Pacific Trust Limited. Berdasarkan senior facility agreement, jumlah fasilitas pinjaman yang diterima oleh LM sebesar USD 52,08 juta.

Senior facility yang diterima oleh LM digunakan untuk melunasi kewajiban perseroan berdasarkan credit agreement sesuai syarat dan ketentuan dari perjanjian induk pemberina pinjaman yang telah dibuat dan diteken sebelumnya oleh LM dan Visi Media Asia pada 12 April 2017.

Pinjaman itu memiliki jangka waktu 36 bulan dengan suku bunga pinjaman per tahun 10 persen ditambah LIBOR satu bulan yang dibayar setiap bulan untuk 12 bulan pertama dan naik satu persen untuk 12 bulan berikutnya.

Pokok pinjaman dibayarkan 10 persen pada tahun pertama, 15 persen pada tahun kedua dan 75 persen pada tahun ketiga.

 

 

Dilusi 9,09 Persen

Suasana kantor Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (10/11). Dari 538 saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia, 181 saham menguat, 39 saham melemah, 63 saham stagnan, dan sisanya belum diperdagangkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Dengan rencana aksi korporasi ini, penerbitan saham baru melalui private placement akan meningkatkan jumlah saham yang dikeluarkan perseroan sebanyak-banyaknya 1,64 miliar saham.

Bila seluruh saham baru hasil pelaksanaan private placement ini telah ditempatkan dan disetor, kepemilikan saham dari pemegang saham perseroan akan terdilusi 9,09 persen tanpa kurangi jumlah lembar saham yang dimiliki sebelumnya.

Untuk melaksanakan aksi korporasi tersebut, perseroan akan gelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasar (RUPSLB) pada Kamis 25 April 2019.

Selain itu, jadwal private placement antara lain penentuan pemegang saham yang berhak untuk hadir dalam RUPSLB pada 1 April 2019 dan pengumuman ringkasan risalah RUPSLB pada 29 April 2019.

Permohonan pencatatan saham tambahan dari pelaksanaan private placement pada 6 Mei 2019, pencatatan saham baru di BEI pada 14 Mei 2019.

Pada perdagangan saham sesi pertama Rabu pekan ini, saham PT Visi Media Asia Tbk melonjak 16,99 persen ke posisi 179 per saham.

Saham Visi Media Asia sempat berada di level tertinggi 183 dan terendah 154. Total frekuensi perdagangan saham 10.742 kali dengan nilai transaksi Rp 54,5 miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fungsi Tari dan Manfaatnya untuk Kesehatan, Tubuh Makin Bugar

Posted: 19 Mar 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menyalurkan hobi bisa menjadi sumber kebahagiaan tersendiri. Dari berbagai macam hobi yang bisa ditekuni, tari bisa menjadi pilihan yang tak kalah menariknya dengan hobi lainnya seperti menyanyi, bermain musik, berkuda dan lain-lain. 

Menari terkadang dilakukan untuk kepentingan tertentu seperti jamuan tamu negara, atau acara festival. Ada bermacam jenis tarian, seperti tarian modern dan tarian tradisional. Tarian tradisional biasanya dilakukan sebagai bagian dari pendidikan atau kursus.

Namun, tidak jarang seseorang juga menari karena sesuatu yang tidak disengaja. Misalnya, karena tiba tiba mendengar musik yang menyenangkan, ia pun menggoyangkan tubuhnya. Di balik kegiatan menggerakkan anggota tubuh ini, tari ternyata memiliki fungsi dan manfaatnya loh.

Untuk mengetahui fungsi tari dan manfaatnya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Rabu (20/3/2019) tentang fungsi tari dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Tari biasanya identik dengan kalangan anak muda.

Padahal, orang tua pun sebenarnya juga tetap bisa loh melakukan aktivitas yang satu ini. Justru malah membuat jiwa dan raga orang dewasa lebih sehat dan nampak bugar.

Fungsi tari berdasarkan jenisnya

Ada berbagai macam tarian yang bisa kamu ketahui, seperti ballroom dance, belly dance, hip-hop, pole dance, salsa dan masih banyak lagi. Secara umum, fungsi tari adalah sebagai sarana hiburan.

Namun, rupanya seni  tari mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Berikut ulasan fungsi tari berdasarkan jenisnya:

- Sarana hiburan

Fungsi tari sebagai sarana hiburan, sesuai dengan namanuya jenis tari  ini tujuannya untuk menghibur penonton, biasanya penonton yang ikut terhibur juga ikut menari karena lagunya enak dan mengasyikkan.

Contoh tari hiburan adalah tari Tayub dari Jawa Tengah, ini adalah tari hiburan yang dipertunjukkan sehabis panen. Contoh lainnya ada juga tari Giring-Giring dari Kalimantan, tari Serampang Duabelas dari Sumatera dan tari Maengket.

- Sarana upacara

Fungsi tari yang kedua ialah sebagai sarana upacara. Mungkin kamu sudah sering melihat upacara keagamaan atau adat yang menggunakan tari.

Contoh tari untuk adalah tari pendet dari Bali yang digunakan saat upacara keagamaan, para penari membawa bokor yang berisi bunga sebagai sesaji untuk persembahan. Selain itu ada tari Gantar dari Kalimantan, disajikan saat upacara adat selamatan untuk Dewi Sri.

-  Sarana terapi

Fungsi tari jenis ini ditunjukkan untuk yang berkebutuhan khusus seperti penyandang cacat fisik. Penyalurannya dilakukan secara langsung  dan tidak langsung.

- Sarana pendidikan

Fungsi tari jenis ini mempunyai tujuan untuk mendidik anak agar bersikap dewasa dan terjaga dari pergaulan yang melanggar norma-norma. Tari juga sebagai pendidikan budaya yang bisa dipelajari melalui kursus atau sekolah.

- Sarana pergaulan

Fungsi tari jenis ini merupakan tari yang melibatkan beberapa orang. maka dari itu kegiatan itu bisa berfungsi sebagai sarana pergaulan

-  Sarana pertunjukkan

Jika kamu mengunjungi Sendratari Ramayana di Yogyakarta itu adalah fungsi tari sebagai sarana untuk menarik para wisatawan yang datang ke Yogyakarta. Tari jenis ini dipentaskan atau dipertunjukkan dengan persiapan yang matang dari segi artistik, koreografi, interpretasi, konsepsional dan tema yang menarik. Pertunjukkan tari juga mempunyai peran untuk mengembangkan pariwisata daerah.

-  Sarana katarsis

Fungsi tari yang terakhir ialah tari sebagai sarana katarsis artinya pembersihan jiwa. Seni tari ini sebagai sarana katarsis yang mudah dilaksanakan oleh orang-orang yang mempunyai penghayatan seni mendalam seperti para seniman. 

Manfaat tari untuk kesehatan

Nah, di atas adalah fungsi tari yang bisa kamu ketahui. Tetapi tari tidak hanya berfungsi seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tari juga memiliki banyak manfaat yang tidak patut untuk kamu lewatkan begitu saja. Berikut ulasannya.

- Memperbaiki mood

Menari rupanya dapat memperbaiki suasana hati. Dengan menari mampu mengurangi rasa depresi, cemas, stres dan meningkatkan rasa kepercayaan diri. Bahkan, sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Arts in Psychotherapy menyebutkan bahwa menari bisa menjadi salah satu pilihan terapi bagi para penderita depresi dan kecemasan.

- Melenturkan tubuh

Menari juga bermanfaat pada orang usia lanjut. Manfaat menari dapat dilihat dari adanya perbaikan dalam postur tubuh, kecepatan berjalan, dan juga kecepatan bereaksi jik arutin menari.

- Menjaga kesehatan jantung

Untuk menjaga kesehatan jantung, selain menerapkan pola hidup sehat, hal yang bisa dilakukan ialah menari. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan gagal jantung yang stabil dan melakukan tarian jenis Waltz, terjadi perbaikan dalam fungsi pembuluh darah dan perbaikan kualitas hidup.

-  Menjaga berat badan

Nah, jika kamu sedang menjalani program diet. Menari bisa membantu kamu untukk menjaga berat badan idealmu. Pasalnya, menari dapat membakar hingga 240 kalori dari tubuh . Pada umumnya, seseorang bisa membakar hingga 200 kalori saat menari. Contohnya pada orang yang melakukan gerakan tarian tango, maka jumlah kalori yang terbakar dapat mencapai 200 kalori.

- Baik untuk pertumbuhan anak

Menari terbukti baik untuk tumbuh kembang anak. Menurut Psikolog klinis asal Mumbai, India, Seema Hingorrany, belajar tari mampu mengajarkan mengenali pola, belajar kreatif, dan mengambil keputusan. Selain itu, anak juga dilatih untuk berpikir rasional sambil belajar bagaimana menghitung dan merencanakan apa yang bakal dikerjakan selanjutnya untuk gerakan tarian berikutnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Revitalisasi, Situ Pladen Depok Dipasang Nano Bubble

Posted: 19 Mar 2019 09:51 PM PDT

Warga sedang memancing di Situ Pladen yang sudah dipasangi alat plasma nano bubble di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Pemasangan teknologi  nano bubble di Situ Pladen tersebut untuk mengurangi pencemaran air di Kota Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga sedang memancing di Situ Pladen yang sudah dipasangi alat plasma nano bubble di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Pemasangan teknologi nano bubble di Situ Pladen tersebut untuk mengurangi pencemaran air di Kota Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membersihkan sampah di Situ Pladen yang sudah dipasangi alat plasma nano bubble di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Pemasangan teknologi nano bubble di Situ Pladen itu untuk mengurangi pencemaran air di Kota Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membersihkan sampah di Situ Pladen yang sudah dipasangi alat plasma nano bubble di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Pemasangan teknologi nano bubble di Situ Pladen itu untuk mengurangi pencemaran air di Kota Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga melintasi alat plasma nano bubble yang terpasang di Situ Pladen, Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Teknologi nano bubble bekerja 24 jam untuk mensterilkan air dari limbah rumah tangga yang kerap mencemari Situ Pladen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Warga melintasi alat plasma nano bubble yang terpasang di Situ Pladen, Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Teknologi nano bubble bekerja 24 jam untuk mensterilkan air dari limbah rumah tangga yang kerap mencemari Situ Pladen. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membersihkan sampah di Situ Pladen yang sudah dipasangi alat plasma nano bubble di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Pemasangan teknologi nano bubble di Situ Pladen itu untuk mengurangi pencemaran air di Kota Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Petugas membersihkan sampah di Situ Pladen yang sudah dipasangi alat plasma nano bubble di Depok, Jawa Barat, Rabu (20/3). Pemasangan teknologi nano bubble di Situ Pladen itu untuk mengurangi pencemaran air di Kota Depok. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto: Saya Tegaskan Pemilu Akan Berjalan Aman

Posted: 19 Mar 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto meminta aparat keamanan waspada ancaman hoaks, khususnya dalam masa kampanye terbuka.

"Saat ini cukup marak hoaks, ancaman baru yang dulu tidak ada di Pemilu lalu. Artinya berita palsu, berita buatan, berita bohong yang dilansir ke publik, yang mengganggu publik. Saya rasa itu merupakan teror karena meneror, mengganggu psikologi masyarakat," ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Dia menuturkan, sekarang isu yang beredar adalah pemilu tidak berjalan aman. Bahkan akan ada kerusuhan.

"Ini isu. Bicara fakta, tidak ada eskalasi, indikasi kerawanan keamanan. Tujuannya agar masyarakat ketakutan dan kabur ke luar negeri pada pemilu. Saya tegaskan jangan. Pemilu akan berjalan aman," jelasnya.

Dia pun meminta aparat keamanan memastikan berjalan aman. Dan jangan sampai ada yang tidak menggunakan hak suaranya.

"Tugas saudara di daerah itu menjelaskan bahwa pemilu aman, mengajak masyarakat agar tidak golput, dam dijamin para pemilih ini bisa kita antar ke TPS dengan aman tanpa ada gangguan fisik atau lainnya," kata Wiranto.

Dia pun mengingatkan bahwa Pemilu itu adalah pesta demokrasi. Bukan yang menciptakan konflik.

 

Pimpin Rapat

Menko Polhukam Wiranto hari ini memimpin rapat koordinasi kesiapan keamanan pengamanan tahapan kampanye terbuka yang akan dimulai pekan depan.

Turut hadir Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Waka BIN Teddy Laksmana, Ketua KPU Arief Budiman, Ketua Bawaslu Abhan, dan beberapa lembaga dan kementerian yang lain. Rapat kali ini juga turut serta mengundang jajaran keamanan di seluruh daerah, melalui video conference.

Dalam kesempatan itu, Wiranto mengingatkan bagaimana pentingnya keamanan dalam menjaga Pemilu.

Dia menuturkan, sejauh ini masih ada yang mencoba mengancam jalannya pemilu serentak 2019 nanti.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gusti Randa Klarifikasi Penunjukan Bukan dari Rapat Exco PSSI

Posted: 19 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gusti Randa tidak mau disebut sebagai Plt Ketua Umum PSSI. Pria berusia 53 tahun ini juga mengklarifikasi bahwa dia tidak ditunjuk melalui Rapat Exco PSSI.

Gusti Randa dipercaya menggantikan Joko Driyono yang mundur dari Plt Ketum PSSI. Awalnya, penunjukan Gusti Randa dikabarkan melalui Rapat Exco PSSI.

Namun, Gusti Randa menyatakan penugasannya murni dari keputusan Joko Driyono, bukan dari Rapat Exco PSSI. Setelah mendapat tugas dari Joko Driyono, pria yang juga menjabat sebagai komisaris PT Liga Indonesia Baru ini baru akan menggelar rapat exco.

"Saya luruskan. Itu bukan keputusan Exco, itu diskresi kewenangan ketum. Saya menerima. Pak Joko tunjuk saya, makanya langkah pertama saya lakukan rapat Exco," jelas Gusti Randa kepada wartawan.

Gusti Randa mengakui di Statuta PSSI tidak ada penunjukan seperti ini untuk Ketum PSSI. Namun, pria yang berprofesi sebagai pengacara ini beralasan ini sifatnya penunjukan langsung dari Joko Driyono.

Sifatnya Penugasan

Gusti Randa ditunjuk untuk mengelola PSSI setelah Joko Driyono mundur. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

"Makanya jangan disebut Plt Ketum. Karena ini sifatnya penugasan, karena di statuta juga tak ada Plt," terang mantan suami dari artis Nia Paramitha ini.

"Jadi penugasan saja dalam posisi ketum nonaktif berikan SK penugasan. Terserah mau disebut Plt atau Plh dan sebagainya. Ini enggak penting. Terpenting organisasi jalan," bebernya.

Terbelit Kasus

Selain di PSSI, Gusti juga menjabat komisaris PT Liga Indonesia Baru, pengacara striker Persija Jakarta yang tengah terbelit kasus di Australia, Marko Simic dan Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) periode 2018-2022.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tutup Sidang, PM Selandia Baru Ucapkan Assalamualaikum

Posted: 19 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PM Selandia Baru mengucapkan Assalamualaikum sebagai penghormatan kepada umat muslim saat menutup sidang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Fungsi dan Landasan Hukum yang Perlu Diketahui

Posted: 19 Mar 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjadi salah satu penduduk yang tinggal di suatu wilayah, tentunya kita harus memiliki identitas khusus. Guna identitas khusus ini untuk menjadi data kita di suatu wilayah yang kita tempati. 

Salah satu caranya adalah dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). KTP merupakan identitas resmi penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Kartu tanda penduduk ini merupakan salah satu bukti bahwa Anda telah sah menjadi seorang warga Negara. Anda bisa mendapatkan kartu ini saat usia minimal 17 tahun. Kalau dulu, KTP berbentuk selembar kertas yang dilaminating, namun sekarang Anda sudah bisa menggunakan tanda kartu penduduk elektronik.

Ya, kartu tanda penduduk elektronik ini dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Kartu tanda penduduk atau biasa disingkat e ktp ini diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia sejak tahun 2009.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang kartu tanda penduduk elektronik ini, Liputan6.com telah menyiapakan ulasannya. Telah dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa pemaparan hal-hal terkait tentang kartu tanda penduduk elektronik yang perlu Anda ketahui, Rabu (20/3/2019).

Kartu Tanda Penduduk Elektronik

Kartu tanda penduduk elektronik merupakan dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan atau pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

Hingga saat ini, penduduk hanya diperbolehkan memiliki satu kartu tanda penduduk saja, yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). Nah, NIK sendiri merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan dapat berlaku seumur hidup.

Nah, nomor NIK yang sudah dimiliki ini nantinya bisa dijadikan sebagai dasar dalam penerbitan paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah dan penerbitan dokumen identitas lainnya (Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk).

Fungsi Kartu Tanda Penduduk Elektronik

1.  Sebagai identitas jati diri.

2.  Berlaku nasional, hal ini memungkinkan Anda untuk tak perlu lagi membuat KTP lokal untuk pengurusan izin, pembukaan rekening bank, dan lain sebagainya.

3.  Mencegah KTP ganda dan pemalsuan KTP. Terciptanya keakuratan data penduduk untuk mendukung program pembangunan.

Aturan hukum KTP elektronik

Pada penerapan KTP Berbasis NIK telah sesuai dengan pasal 6 Perpres No. 26 Tahun 2009 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional Jo Perpres No. 35 Tahun 2010 tentang perubahan atas Perpres No. 26 Tahun 2009 yang berbunyi:

1. KTP berbasis NIK memuat kode keamanan dan rekaman elektronik sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk.

2.  Rekaman elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berisikan biodata, tanda tangan, pas foto, dan sidik jari tangan penduduk yang bersangkutan.

3.  Rekaman seluruh sidik jari tangan penduduk disimpan dalam database kependudukan.

4.  Pengambilan seluruh sidik jari tangan penduduk seperti yang dimaksud pada ayat (3) dilakukan pada saat pengajuan permohonan KTP berbasis NIK, dengan ketentuan: untuk WNI, dilakukan di Kecamatan, dan untuk orang asing yang memiliki izin tinggal tetap dilakukan di Instansi Pelaksana.

5. Rekamanan sidik jari tangan penduduk yang dimuat dalam KTP berbasis NIK sebagaimana dimaksud pada ayat (2) berisi sidik jari telunjuk tangan kiri dan jari telunjuk tangan kanan penduduk yang bersangkutan.

6.    Rekaman seluruh sidik jari tangan penduduk sebagaimana dimaksud pada ayat (3) dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

7.    Ketentuan lebih lanjut mengenai data tata cara perekaman sidik jari diatur oleh Peraturan Menteri.

Manfaat Kartu Tanda Penduduk

Kalau dulu KTP hanya berbentuk selembar kertas yang dilaminating, berbeda dengan sekarang. Saat sudah berpindah dengan menggunakan kartu tanda penduduk elektronik, kartu ini sudah dilengkapi dengan perangkat lunak berupa chip yang dapat merekam identitas Anda secara digital. Nah, dengan itu, ada beberapa keuntungan atau manfaat saat Anda memiliki kartu tanda penduk elektronik, sebagai berikut:

- Identitas jati diri tunggal.

- Tidak dapat dipalsukan.

- Tidak dapat digandakan.

- Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada.

Kegunaan lain dari kartu tanda penduduk elektronik ini adalah untuk membuka rekening di bank, mengajukan kredit, pengurusan segala macam izin, untuk ikut pemilu, mencegah pemalsudan KTP, dan mendapatkan database kependudukan yang akurat.

Cara Membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik

1. Datang ke akntor Disdukcapil atau UPT Disdukcapil Kabupaten atau Kota untuk melaporkan diri dengan membawa Kartu Keluarga (KK).

2. Mengambil nomor antrean dan tunggu hingga dipanggil oleh petugas. Setelah itu akan dilakukan verifikasi data penduduk dari KK dan pengecekan database kependudukan.

3. Selanjutnya petugas akan melakukan pengambilan foto langsung di tempat. Kemudian pengambilan tandatangan pada alat perekam tandatangan elektronik. Selain itu, perekaman data sidik jari tangan seperti jempol dan telunjuk kanan. Kemudian juga dilakukan scan retina (iris) mata.

4. Anda diminta untuk menunggu guna petugas membubuhkan tandatangan dan stempel pada surat panggilan. Hal ini sekaligus sebagai tanda bukti kalau Anda telah melakukan proses pembuatan kartu tanda penduduk elektronik.

5. Setelah semuanya selesai, e ktp akan dicetak. Prosenya membutuhkan waktu sekitar 14 hari. Saat kartu sudah selesai dicetak, Anda akan diberitahu dan dapat mengambilnya di Kelurahan atau Desa setempat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Angkringan Polisi Berhasil Ungkap Pabrik Uang Palsu Rp 4,6 Miliar

Posted: 19 Mar 2019 09:43 PM PDT

Sleman - Dari warung angkringan jajaran Polda DIY berhasil mengungkap pabrik uang palsu bernilai Rp 4,6 miliar di Kecamatan Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kabid Humas Polda DIJ, AKBP Yuliyanto mengatakan, dari pengungkapan pabrik uang palsu tersebut, pihaknya berhasil mengamankan 4 orang tersangka, yaitu HS (39) dan IK (36) warga Kabupaten Pati, Jawa Tengah, EY (61) dan NY (67) warga Magelang, Jawa Tengah.

Pengungkapan ini berawal dari laporan seorang pedagang di Godean. Bahwa IK, salah seorang tersangka yang diketahui berprofesi sebagai guru honorer membayar belanjaannya dengan memakai uang palsu.

"Tersangka IK ini belanja di warung angkringan memakai uang palsu," katanya seperti dikutip dari Jawapos.

Mendapati laporan tersebut, petugas kemudian langsung melakukan penyelidikan. Pada Senin (18/3) didapati rumah kontrakan di Desa Sidoluhur, Kecamatan Godean dipakai untuk memproduksi Upal. Keempat tersangkanya pun berhasil ditangkap, beserta barang bukti uang palsu sebanyak Rp 4,6 miliar. Dari hasil penyidikan, mereka memiliki peran masing-masing.

HS yang merupakan kepala dusun di salah 1 padukuhan yang ada di Kabupaten Pati merupakan otak di balik kejahatan ini. Ia membuat Upal secara otodidak dari hasil belajarnya melalui internet. Sementara EY dan NY membantu memproduksi Upal di kontrakan daerah Godean itu.

Sedangkan IK yang berprofesi sebagai guru honorer, perannya sebagai pengedar. Sebelum memulai produksinya di Sleman, mereka juga telah melakukannya di Pati dan Magelang. Hasil produknya yaitu Upal pecahan Rp 5 ribu sampai 100 ribu. Alat yang digunakan diketahui memakai meja sablon, laptop, printer, mesin laminating, tinta, lem, minyak dan lainnya.

Kapolsek Godean, Kompol Herry Suryanto menambahkan, hasil produksi uang palsu di Pati diketahui telah dijual ke daerah Lampung dan Mojokerto. Setiap penjualan 5 Upal dihargai dengan 1 uang asli.

"Hasil produksinya yang di Pati sudah dijual ke Mojokerto dan Lampung," pungkasnya.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Fungsi Daun pada Tumbuhan, Ternyata Miliki Peran Penting

Posted: 19 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Daun merupakan salah satu bagian pada tumbuhan yang memiliki peran penting. Hal ini karena tumbuhan adalah organisme autotrof obligat. Di mana tumbuhan harus memasok kebutuhan energinya sendiri melalui konversi energi cahaya matahari menjadi energi kimia.

Daun memiliki berbagai macam bentuk berdasarkan tulang daunnya, seperti menyirip, menjari, melengkung, sejajar, dan masih banyak lagi. Volume daun juga bisa tipis atau tebal.

Daun sempurna tersusun dari tiga bagian yaitu pelepah, tangkai (petiolus) dan helai daun. Pelepah daun mendudukkan daun pada batang. Tangkai daun menghubungkan pelepah atau batang dengan helai daun. Helai daun merupakan bagian terpenting, karena di sinilah fungsi daun yang paling utama sebagai organ fotosintetik paling dominan bekerja.

Struktur Daun

Fungsi Daun (sumber: iStockphoto)

Sebelum mengetahui fungsi daun secara keseluruhan, ada baiknya kamu mengetahui apa saja struktur pembentuk daun. Seperti organ tubuh pada umumnya, daun terdiri dari beberapa struktur pembentuknya. Struktur tersebut antara lain:

- Epidermis

Epidermis merupakan lapisan daun terluar yang berfungsi melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya. Epidermis sendiri terbagi menjadi epidermis atas dan epidermis bawah.

- Jaringan mesofil

Jaringan mesofil terdiri dari jaringan tiang atau jaringan palisade yang mengandung banyak kloroplas yang berfungsi dalam proses pembuatan makanan. Kemudian jaringan bunga karang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

- Berkas pembuluh angkut

Terdiri dari xilem atau pembuluh kayu dan floem atau pembuluh tapis, pada tumbuhan dikotil keduanya dipisahkan oleh kambium.

Pada akar, xilem berfungsi mengangkut air dan mineral menuju daun. Pada batang, xilem berfungsi sebagai sponsor penegak tumbuhan. Sementara itu floem berfungsi mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan

- Stomata

Stomata merupakan organ daun yang berfungsi sebagai alat respirasi atau pernapasan pada daun. Stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis.

Fungsi Daun pada Tumbuhan

Ilustrasi daun pepaya./Copyright pixabay.com/thoxuan99

Nah, setelah mengetahui struktur pembentuk daun, kamu pasti mulai mengetahui fungsi daun pada tumbuhan. Seperti apa fungsi penting dari sehelai daun pada tumbuhan? Berikut ulasan mengenai fungsi daun yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/3/2019).

1. Tempat terjadinya fotosintesis

Fungsi daun yang paling utama adalah sebagai tempat untuk mengolah zat makanan yang dimiliki. Proses pengolahan inilah yang disebut dengan fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan. Terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil.

Dalam fotosintesis, cahaya matahari diserap oleh klorofil pada daun. Dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya.

Pada tumbuhan dikotil, terjadinya fotosintesis di jaringan parenkim palisade. Sedangkan pada tumbuhan monokotil, fotosintesis terjadi pada jaringan spons.

2. Sebagai organ pernapasan

Fungsi daun yang penting selanjutnya adalah sebagai organ pernapasan tumbuhan. Daun memiliki stomata yang berfungsi sebagai organ respirasi. Stoma atau bentuk jamaknya stomata, mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis, mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis.

Stomata merupakan struktur bukaan yang terdapat sel penjaga di sampingnya. Pada umumnya stomata terdapat di bawah permukaan daun, tetapi ada pula yang di atas maupun di bawah.

3. Tempat transpirasi

Fungsi daun selanjutnya adalah sebagai tempat terjadinya transpirasi. Apa itu transpirasi?

Transpirasi merupakan keadaan hilangnya uap air dari permukaan tumbuhan. Sebagian besar transpirasi berlangsung melalui stomata sedang melalui kutikula daun dalam jumlah yang lebih sedikit. Transpirasi terjadi pada saat tumbuhan membuka stomatanya untuk mengambil karbon dioksida dari udara untuk berfotosintesis.

Lebih dari 20 % air yang diambil oleh akar dikeluarkan ke udara sebagai uap air. Sebagian besar uap air yang ditranspirasi oleh tumbuhan tingkat tinggi berasal dari daun selain dari batang, bunga dan buah.

4. Tempat terjadinya gutasi

Gutasi merupakan proses pelepasan air dalam bentuk cairan dari jaringan daun. Gutasi terjadi saat kondisi tanah sesuai, sehingga penyerapan air tinggi. Namun laju transpirasi rendah maupun ketika penguapan air sulit terjadi karena tingginya kelempaban udara.

Proses gutasi terjadi pada struktur daun mirip stomata yang bernama hidatoda. Gutasi dapat diamati dengan munculnya tetes-tetes air di tepi daun yang tersusun teratur.

Titik-titik air yang keluar dari jaringan daun melalui proses gutasi bukanlah air murni. Berbagai senyawa diketahui terlarut di dalamnya. Beberapa senyawa yang ditemukan terlarut dalam titik-titik air tersebut adalah enzim, gula, asam amino, vitamin, serta mineral seperti P, K, Na, Mg, dan Fe.

5. Alat reproduksi vegetatif

Reproduksi vegetatif adalah cara reproduksi makhluk hidup secara aseksual atau tanpa adanya peleburan sel kelamin jantan dan betina. Proses ini dapat dilakukan secara alami dan buatan. Reproduksi vegetatif alami adalah reproduksi aseksual yang terjadi tanpa campur tangan pihak lain seperti manusia.

Salah satu tumbuhan yang mengalami reproduksi vegetatif melalui daun adalah tumbuhan cocor bebek. Tumbuhan cocor bebek akan mengeluarkan tunas pada daunnya sebagai proses perkembangbiakan. Tunas ini disebut juga tunas adventif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Album BTS Map of the Soul: Persona Sudah Dipesan 2 Juta Keping

Posted: 19 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jeju - BTS diketahui sudah menyelesaikan penggarapan album terbaru mereka. BTS memberi nama album terbarunya, Map Of The Soul: Persona.

Di tengah kesibukan, album berjudul Map of The Soul: Persona sudah diumumkan BTS ke publik.

Dalam sepekan sejak pembukaan penjualan secara pre-order, album BTS ini laris manis diserbu para ARMY.

Agensi menunjuk beberapa situs seperti Amazon dan YES24 untuk platform pembelian, Setelah dibuka pada 13 Maret kemarin pre-order album anyar BTS ini mencapai 2,6 juta keping lebih. 

 

Dirilis 12 April 2019

Big Hit Entertainment konfirmasi BTS akan comeback lebih awal. (Foto: Rolling Stone)

Animo luar biasa yang ditunjukkan para penggemar makin mengukuhkan posisi BTS di mata dunia. Apalagi fokus mereka kini adalah menjamah pasar Amerika Serikat yang dipenuhi segudang musisi hebat.

Album Map of The Soul: Persona sendiri masih akan dirilis pada 12 April mendatang. Big Hit Entertainment selaku agensi sudah menyiapkan produksi album dalam bentuk CD dan vinyl.

13 April rencananya BTS akan membawakan lagu terbarunya secara live di Amerika Serikat. Jimin Cs akan memanaskan panggung Saturday Night Live, salah satu acara unggulan NBC, stasiun televisi yang berbasis di New York, Amerika Serikat. (Fimela.com/ Nizar Zulmi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain Juventus: Cristiano Ronaldo Dihukum? Keputusan Gila

Posted: 19 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Cristiano Ronaldo menjadi bintang dengan tiga gol yang membawa Juventus lolos ke perempat final. Juventus menang 3-0 atas Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Hasil itu membuat Juventus unggul agregat 3-2.

Tak hanya gol, selebrasi Cristiano Ronaldo yang mengikuti gerakan pelatih Atletico Diego Simeone juga menjadi pusat perhatian pada laga tersebut. Ia melakukan selebrasi selangkangan usai mencetak gol ketiganya ke gawang Atletico.

Selebrasi tersebut dianggap tidak pantas sehingga memicu UEFA untuk menginvestigasi. Alhasil, pemenang lima trofi Ballon d'Or tersebut kini tengah menanti putusan hukuman apa yang akan didapat.

Pemain Juventus Federico Bernardeschi menganggap aneh jika Cristiano Ronaldo dihukum UEFA. Sebab menurutnya, apa yang dilakukan bintang asal Portugal itu hanya selebrasi yang biasa saja.

 

Hanya Sebuah Selebrasi

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo. (AFP/Giuseppe Cacace)

Investigasi yang dilakukan UEFA ini dianggap aneh oleh Bernardeschi. Sebab menurutnya, apa yang dilakukan Ronaldo hanya bentuk selebrasi yang biasa-biasa saja. Toh, Simeone pun tak dihukum akibat perayaannya itu.

"Saya pikir tak ada lagi yang perlu ditambahkan. Itu adalah sesuatu yang tak perlu diperhatikan, tapi [hukuman] akan terasa gila," tutur Bernardeschi dalam konferensi pers, seperti yang dikutip dari Football Italia.

"Saya pikir ini akan berakhir, itu hanya sebuah selebrasi, sebuah gerakan. Saya selalu melihatnya tenang dan rileks, begitu juga dengan kami. Saya yakin semuanya akan baik-baik saja," lanjutnya.

 

Bagian dari Sejarah Juventus

Pertandingan itu cukup berkesan karena peluang Juventus untuk lolos ke babak selanjutnya sempat menipis akibat kekalahan di leg pertama. Belum lagi ketambahan fakta bahwa Bianconeri belum pernah membobol gawang Atletico Madrid sebelumnya.

Bernardeschi turut ambil bagian dalam kesuksesan tersebut. Faktanya, ia juga memegang peran besar dengan satu assist ke Ronaldo serta aksi solo run yang membuat pemain Atletico, Andrea Correa, terpaksa menjatuhkannya di kotak penalti.

"Kami menuliskan bagian dari sejarah Juventus. Kami menaruh nilai dari tim di tulisan itu," tambah mantan penggawa Fiorentina tersebut.

"Saya sangat puas bisa bermain dalam laga itu dan juga karena pelatih mempercayai saya. Saya juga mencoba untuk memberikan segalanya di lapangan," tambahnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Korban Penembakan Masjid di Selandia Baru Mulai Dimakamkan

Posted: 19 Mar 2019 09:34 PM PDT

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Kepolisian Selandia Baru telah memulangkan 21 jenazah korban penembakan masjid di Christchurch. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Kepolisian Selandia Baru telah memulangkan 21 jenazah korban penembakan masjid di Christchurch. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Setelah diserahkan kepada keluarga, sebagian jenazah akan segera dikebumikan. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Setelah diserahkan kepada keluarga, sebagian jenazah akan segera dikebumikan. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Pemakaman korban penembakan masjid akan dilakukan secara bertahap. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Pemakaman korban penembakan masjid akan dilakukan secara bertahap. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Sejumlah pelayat rela datang dari jauh-jauh ke Christchurch untuk membantu proses pemakaman. (AP Photo/Mark Baker)

Pelayat membawa jenazah korban penembakan masjid untuk dimakamkan di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Sejumlah pelayat rela datang dari jauh-jauh ke Christchurch untuk membantu proses pemakaman. (AP Photo/Mark Baker)

Suasana pemakaman korban penembakan masjid di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Kepolisian Selandia Baru berharap segera menyelesaikan proses identifikasi dan menyerahkan jenazah ke keluarga. (AP Photo/Mark Baker)

Suasana pemakaman korban penembakan masjid di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Kepolisian Selandia Baru berharap segera menyelesaikan proses identifikasi dan menyerahkan jenazah ke keluarga. (AP Photo/Mark Baker)

Sejumlah wanita menghadiri pemakaman korban penembakan masjid di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Ratusan pelayat turut menghadiri pemakaman. (AP Photo/Mark Baker)

Sejumlah wanita menghadiri pemakaman korban penembakan masjid di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). Ratusan pelayat turut menghadiri pemakaman. (AP Photo/Mark Baker)

Zaed Mustafa menghadiri pemakaman ayah dan saudara laki-lakinya yang meninggal dalam penembakan masjid di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). (AP Photo/Mark Baker)

Zaed Mustafa menghadiri pemakaman ayah dan saudara laki-lakinya yang meninggal dalam penembakan masjid di Memorial Park Cemetery, Christchurch, Selandia Baru, Rabu (20/3). (AP Photo/Mark Baker)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timses Jokowi: Survei Kompas Pelecut untuk Kerja Keras

Posted: 19 Mar 2019 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kurang dari sebulan waktu pencoblosan Pilpres 2019, elektabilitas pasangan Jokowi- Ma'ruf Amin malah turun di bawah 50 persen berdasarkan survei Litbang Kompas terbaru. Pesaingnya, Prabowo-Sandi mengalami kenaikan 5 persen.

Kubu Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf menyatakan, akan memaksimalkan masa kampanye terbuka untuk menaikkan kembali elektabilitas calonnya.

"TKN dan TKD telah bekerja secara maksimal. Bagi kami, survei Litbang Kompas ini harus disikapi sebagai pelecut untuk lebih kerja keras memanfaatkan sisa waktu satu bulan ke depan," ucap Jubir TKN, Ace Hasan Syadzily Ace kepada Liputan6.com, Rabu (20/3).

Dia menuturkan, salah satu cara yang akan dimanfaatkan adalah kampanye terbuka yang akan dimulai 23 Maret mendatang.

"Kami akan memanfaatkan rapat umum ini untuk menaikkan elektabilitas secara maksimal," tegas Ace.

Politisi Golkar ini menegaskan, survei Litbang Kompas itu belum memotret hasil debat ketiga kemarin. Menurut Ace, penampilan Ma'ruf saat berhadapan dengan Sandi bisa menarik pemilih.

"Apalagi survei ini belum memotret hasil debat ketiga di mana masyarakat yang pada awalnya under estimate kepada Kiai Ma'ruf Amin, ternyata banyak menyebutnya di luar ekspetasi," jelasnya.

 

Masih Optimistis Meski Tergerus

Karena itu, dia menegaskan masih optimistis bahwa paslon nomor urut 01 akan berada di atas paslon nomor 02.

"Kami masih sangat optimistis. Pasangan 02 masih di bawah. Bukan suatu yang mudah dengan sisa waktu yang hanya sebulan dapat mengejar hingga selisih 13,4% ini," pungkasnya.

Diketahui, berdasarkan survei terbaru Litbang Kompas elektabilitas Jokowi dan Prabowo hanya selisih 11,8 persen. Jokowi-Maruf mendapat 49,2 persen, sedangkan Prabowo-Ma'ruf 37,4 persen. Sedangkan sebanyak 13,4 persen masih merahasiakan pilihannya.

Metode pengumpulan pendapat menggunakan wawancara tatap muka sejak tanggal 22 Februari - 5 Maret. Survei ini diikuti 2.000 responden yang dipilih secara acak dengan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Tingkat kepercayaannya 95 persen dengan margin of error penelitian plus/minus 2,2 persen.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Hasil Rapat The Fed, Rupiah Pimpin Penguatan di Asia

Posted: 19 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah cenderung menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu pekan ini.

Hal itu didorong indeks dolar AS melemah dan pelaku pasar mengantisipasi kebijakan moneter bank sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed).

Mengutip data Bloomberg, Rabu (20/3/2019), nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dibuka naik tipis enam poin ke posisi 14.226 dari penutupan perdagangan kemarin di 14.232 per dolar AS.

Jelang perdagangan Rabu siang, rupiah masih menguat meski terbatas ke posisi 14.230 per dolar AS. Pada Rabu pekan ini, rupiah bergerak di kisaran 14.226-4.234 per dolar AS.

Sementara itu, kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah tipis. Rupiah berada di posisi 14.231 per dolar AS pada 20 Maret 2019 dari posisi perdagangan 19 Maret 2019 di kisaran 14.228.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, rupiah menguat tipis pada perdagangan Rabu pekan ini. Meski demikian, menurut dia, rupiah memimpin penguatan di Asia.

Berdasarkan data RTI, rupiah menguat 0,11 persen. Kemudian dolar Taiwan juga naik 0,06 persen, Won Korea Selatan menguat 0,04 persen dan Peso Filipina naik 0,04 persen.

Sedangkan dolar AS menguat terhadap yen Jepang sekitar 0,17 persen, ringgit Malaysia sekitar 0,01 persen, dan dolar Singapura 0,07 persen, dan Baht Thailand 0,13 persen.

Penguatan rupiah terhadap dolar AS ditopang dari sentimen global. Pertama, indeks dolar AS melemah dalam tiga hari ini.

"Di pasar AS, indeks dolar AS juga melemah. Data ekonomi AS melemah antara lain data durable good order dan factory order," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com, Rabu pekan ini.

Kedua, pelaku pasar juga mengantisipasi pertemuan the Federal Reserve atau bank sentral AS. Diperkirakan the Federal Reserve (the Fed) tetap pertahankan suku bunga. "Pasar juga mengantisipasi statement dovish dari pimpinan the Fed Jerome Powell. Ini tekan dolar AS," tutur dia.

Dari sentimen internal, Josua menilai, pelaku pasar juga menunggu keputusan Bank Indonesia (BI) terkait suku bunga acuan atau 7 day reverse repo rate. BI juga diperkirakan akan pertahankan suku bunga acuan.

Josua menambahkan, pemerintah sudah merilis APBN hingga Februari juga topang pergerakan rupiah. Ia menilai, indikator fiskal saat ini masih cukup baik. "Pajak 10 persen dari target realisasi, belanja 11 persen dari target, defisit fiskal 0,34 persen. Dari indikator fiskal juga cukup baik," kata dia.

Di tengah sentimen itu, Josua menilai sentimen global yang lebih dukung pergerakan rupiah. "Rupiah akan bergerak di kisaran 14.190-14.250 per dolar AS," tutur dia.

 

Menunggu Keputusan The Fed, Rupiah Menguat

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus menguat, Jakarta, Kamis (23/10/2014) (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini. Penguatan ini karena tenangnya sentimen global.

Mengutip Bloomberg, Selasa 19 Maret 2019, rupiah dibuka di angka 14.217 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.239 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.217 per dolar AS hingga 14.234 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah menguat 1,19 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jidsor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok 14.228 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.242 per dolar AS.

"Kondisi pasar memang cenderung tenang. Setelah No Deal Brexit ditolak, pasar sudah mulai tenang karena berarti Inggris akan keluar dengan kesepakatan. Jadi sentimen global juga masih tenang," kata Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yashyi, seperti dikutip dari Antara.

Selain itu, Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (Fed) pada Rabu (20/3) besok diprediksi masih akan mempertahankan tingkat suku bunganya seiring belum meningkatnya pertumbuhan ekonomi AS.

"The Fed juga besok masih diperkirakan dovish soalnya data-data ekonomi Amerika memperlihatkan pertumbuhan ekonomi yang stagnan. Jadi kenaikan suku bunga kemungkinan tidak akan terjadi," ujar Dini.

Di sisi lain, surplus neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2019 juga memberikan pengaruh positif terhadap pergerakan rupiah.

"Di saat pergerakan pasar global lagi tenang, kita indonesia punya katalis positif dari fundamental kita, terutama surplus "trade balance". Jadi rupiahnya masih bisa menguat," kata Dini.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Tiket AirAsia Hilang di Sejumlah OTA Jadi Sorotan

Posted: 19 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel tentang rencana Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) untuk menyelidiki kasus 'hilangnya' tiket AirAsia di sejumlah OTA, menjadi sorotan pembaca kanal Tekno Liputan6.com edisi Selasa (20/3/2019).

Selain itu, ada juga dua artikel lain yang juga tak kalah menarik perhatian pembaca.

Adapun kedua artikel itu adalah infrastruktur langit menjadi trending topic di Twitter, dan Matahari buatan Tiongkok rampung tahun ini.

Tanpa berlama-lama, langsung saja simak rangkuman berita tersebut berikut ini.

1. Tiket AirAsia Hilang di Sejumlah OTA, KPPU Didesak Selidiki Kasus Ini

AirAsia Indonesia resmi membuka rute baru ke India, Rabu (4/10), dengan penerbangan empat kali sehari dari Bali ke Kolkata.

Kasus hilangnya tiket AirAsia di online travel agencies (OTA) Indonesia terus bergulir.

Tak cuma Traveloka dan Tiket, laporan terbaru menyebutkan tiket maskapai penerbangan asal Malaysia tersebut juga hilang di 15 agen travel online dan offline di Indonesia.

Mengutip laman Skift, Selasa (19/3/2019), tiga di antaranya adalah Panorama Group, Golden Rama Tours & Travel, dan Wita Tour (di luar Traveloka dan Tiket). Mereka telah menyetop penjualan tiket AirAsia sejak pekan lalu.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Infrastruktur Langit Jadi Trending Topic Twitter

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, menyatakan Palapa Ring akan mulai beroperasi pada akhir 2018 (Foto: Ist)

Istilah yang dipakai saat debat calon presiden dan debat calon wakil presiden kerap jadi perbincangan masyarakat dan warganet.

Pasalnya penyebutan yang dipakai merupakan istilah baru bagi orang awam. Misalnya saja unicorn yang diucapkan oleh Capres Nomor Urut 1 Joko Widodo saat debat capres kedua.

Kemudian baru-baru ini ada istilah infrastruktur langit yang diucapkan oleh Cawapres nomor urut 1 Ma'ruf Amin.

Selengkapnya baca di sini

3. Matahari Buatan Tiongkok Rampung Tahun Ini

Penampakan reaktor di China yang disebut 'matahari buatan' atau Experimental Advanced Superconducting Tokamak (EAST). (sumber: Institute of Plasma Physics Chinese Academy of Sciences)

Para peneliti asal Tiongkok sedang mengembangkan reaktor Tokamak (EAST), yang meniru proses fusi nuklir Matahari.

Fusi nuklir itu diklaim mampu mencapai suhu elektron sebesar 100 juta derajat Celsius.

Seperti dilansir Science Alert, para pejabat Tiongkok mengungkap telah menyelesaikan konstruksi Matahari buatan itu pada tahun ini.

"Plasma Matahari buatan terutama terdiri dari elektron dan ion dan perangkat Tokamak yang ada saat ini, telah mencapai suhu elektron lebih dari 100 juta derajat Celsius dalam plasma intinya, dan suhu ion 50 juta Celsius," kata pejabat Perusahaan Nuklir Nasional Tiongkok, Duan Xuru.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengaku Dianiaya Atalarik Syach, Tsania Marwa Kantongi Bukti Kuat

Posted: 19 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atalarik Syach diduga melakukan penganiayaan pada mantan istrinya, Tsania Marwa. Hal ini dialami Tsania Marwa saat menjenguk dua anaknya, Syarif Muhammad Fajri dan Aisyah Shabira, di rumah mantan suaminya di Cibinong, Bogor.

Terkait hal ini, Tsania Marwa telah membuat laporan ke pihak berwajib. Atalarik Syach dilaporkan ke Polres Bogor, Jawa Barat atas tuduhan dugaan penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan.

Menurut penuturan Tsania Marwa, Atalarik Syach melakukan kekerasan secara verbal, hingga berujung pada kekerasan fisik. Pesinetron 27 tahun itu juga telah melakukan visum untuk pembuktian.

"Karena proses rebutan tas, tarikan tas. Sepertinya itu cakaran. Kalau kapan terjadinya ini momen saya lupa. Ini saya baru sadar pas sampai mobil. Saya di sana tidak lihat, enggak sadar. Cuma kalau dilihat dari bekasnya sih ini bekas luka cakar, entah dari tas," jelas Tsania Marwa di kawasan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/3/2019).

 

Bukti Kuat

Tsania Marwa

Ibu dua anak itu juga mengungkap bahwa dirinya memiliki bukti kuat saat pertengkaran dengan suaminya terjadi. Bila tiba saatnya, bukti itu akan ia tunjukkan ke pihak kepolisian.

"Pokoknya ada bukti yang mungkin nanti pada saatnya akan saya buka. Kalau perlu saya buka. Kalau memang pihak sana memojokkan saya terus di publik dengan skenario yang dibangun," ia menjelaskan.

"Saya tidak punya apapun lagi selain bukti. Tapi untuk saat ini saya kira belum perlu memang tidak etis dan bukan konsumsi publik," Tsania Marwa menyambung pernyataan.

 

Sudah Diproses

Tsania Marwa

Sementara itu, laporan Tsania Marwa di Polres Bogor juga sudah diproses. Terakhir, polisi sempat meminta keterangan saksi dari pihak Tsania Marwa, salah satunya adalah sopirnya yang mengantar ke rumah sang mantan suami.

"Sopir saya, dia tahu saya masuk posisinya saya tidak mendobrak. Dia lihat itu gerbang kebuka, dan dari samping mobil dia berdiri aja dengar suara teriak-teriakan berantem, karena suaranya besar sekali," imbuhnya.

"Dan dia menjadi saksi saat saya keluar dari rumah saya sudah nangis-nangis semua dan itu akhirnya dimintai keterangan juga. Selanjutnya saya serahkan pada yang berwajib," tandas Tsania Marwa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: