Senin, 04 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Tanggal Merah di Bulan Maret 2019, Ini Harinya

Posted: 04 Mar 2019 09:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tidak seperti bulan April, Mei, dan Juni yang memiliki lebih dari satu tanggal merah, bulan Maret hanya memiliki satu tanggal merah.

Tanggal merah di bulan Maret 2019 yakni pada hari Kamis, tanggal 7 Maret 2019. Pada hari tersebut, umat Hindu merayakan hari raya Nyepi. Oleh karena itu pemerintah meliburkan hari tersebut.

Hari raya Nyepi dirayakan setiap tahun baru Saka yang jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX). Dipercaya, ini merupakan hari pernyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari amerta air hidup.

Pada hari raya Nyepi, umat Hindu akan melaksanakan Catur Brata Penyepian yang terdiri dari amati geni (tidak menggunakan atau menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemilu 2019, KPU Kesulitan Data Calon Pemilih di Penjara

Posted: 04 Mar 2019 09:46 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung kesulitan mendata calon pemilih pada Pemilu 2019 yang berada di penjara. Sebab, sebagian besar mereka tidak memiliki data kependudukan yang lengkap.

Komisioner Divisi Program, Data dan Informasi KPU Kota Bandung, Adi Prasetyo mengatakan, ada juga calon pemilih di penjara yang tidak mau melakukan perekaman data kependudukan. Adi mengatakan pemilih yang tak mau direkam data kependudukkannya itu adalah tahanan atau narapidana kasus narkoba.

"Entah kenapa gitu ya, sulit juga mencari elemen datanya. Di lapas-lapas di Kota Bandung ini juga mayoritas titipan dari lapas lain. Nah, ada kemungkinan ketika mereka itu jadi tahanan, memang sebelumnya belum melakukan perekaman KTP di daerah asal misalkan. Kan itu juga tidak bisa ditemukan oleh Disduk Kota Bandung," kata Adi soal kendala dalam Pemilu 2019, Bandung, Selasa (5/3/2019).

Dia mencontohkan banyak penghuni penjara titipan dari penjara di luar Kota Bandung yang berkas berita acara pemeriksaan (BAP) dan berkas lainnya tidak lengkap. Paling banyak adalah ketiadaan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Waktu itu kan sudah dicoba perekaman ke lapas seperti rekam sidik jari dan biometrik mata, itu elemen datanya tidak ditemukan. Jadi memang ini harus ada upaya lebih dilakukan," ujar Adi.

Menurut dia, untuk penjara kategori rumah tahanan (rutan) seperti Kebon Waru dan lembaga pemasyarakatan (lapas) Banceuy, telah dilakukan pengecekan kepemilikan data kependudukan. Namun baru separuhnya saja yang tercantum dalam data kependudukan, selebihnya tengah dalam penyisiran.

Sementara di lapas Sukamiskin, seluruh pemilih Pemilu 2019 sudah tercantum dalam data yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Penyakit Campak dan Rubella serta Cara Mencegahnya

Posted: 04 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Penyakit Campak dan Rubella menjadi salah satu perhatian utama pemerintah Indonesia. Kedua penyakit tersebut dikenal ganas karena cukup mematikan dan menyebabkan cacat.

Indonesia pun berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak (measles) dan pengendalian penyakit Rubella (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020. Salah satu strateginya dengan melaksanakan Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR (Measles Rubella).

Merebaknya virus Campak dan Rubella tak hanya terjadi di Indonesia saja. Pasalnya, banyak negara yang terjangkit kedua virus tersebut dengan korban yang tidak sedikit.

Gejala Penyakit Campak dan Rubella

Penyakit campak disebut juga sebagai Morbili atau Measles. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan mudah menular melalui batuk dan bersin. Campak atau Measles awalnya muncul dengan gejala berupa demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk saja atau pilek saja, dan bisa juga keduanya sekaligus. Selain itu, gejala lainnya adalah mata merah. Campak dapat merenggut nyawa seseorang apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, meningitis, dan diare.

Sementara itu, tidak berbeda dengan penyakit campak, Rubella atau yang biasa disebut Campak Jerman juga cukup berbahaya yang bisa ditularkan melalui batuk atau bersin. Meski terbilang tidak begitu berbahaya seperti Campak, namun Rubella tidak pandang bulu menyerang penderitanya.

Pasalnya, Rubella bisa menyerang wanita hamil yang dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir dengan cacat pada kehamilan trimester pertama. Cacat bawaan ini disebut dengan congenital rubella syndrome atau sindrom rubela kongenital.

Sindrom rubela kongenital, menurut siaran di laman resmi Ikatan Dokter Anak Indonesia, adalah kumpulan gejala penyakit yang terdiri dari katarak (kekeruhan lensa mata), penyakit jantung bawaan, gangguan pendengaran, dan keterlambatan perkembangan, termasuk keterlambatan bicara dan disabilitas intelektual.

Sindrom rubela kongenital disebabkan oleh infeksi virus rubela pada janin selama masa kehamilan karena ibu tidak mempunyai kekebalan terhadap virus rubela. Sedangkan pada anak-anak, biasanya gejala berupa demam ringan. Namun tidak menutup kemungkinan tidak adanya gejala yang terjadi sehingga sering tidak diketahui.

Penyebab Penyakit Campak dan Rubella

Rubella

Tidak sedikit orang yang menganggap penyakit Campak dan Rubella adalah penyakit yang sama. Padahal, kedua penyakit ini disebabkan oleh virus yang berbeda. Selain itu, dampak yang ditimbulkan pun berbeda. Untuk itu, berikut Liputan6.com paparkan perbedaan antara penyakit Campak dan Rubella, yang dilansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention, Senin (4/3/2019).

Penyebab Penyakit Campak

Melansir dari situs Centers for Disease Control and Prevention, Senin (4/3/2019), penyebab penyakit Campak berupa virus RNA, yaitu virus yang materi genetiknya berupa asam nukleat yang berbentuk rantai ganda berpilin. Virus ini masih tergolong famili Paromyxavirus. Jika virus HIV menular jika bersentuhan, Campak menular melalui saluran pernapasan.

Virus RNA biasanya menyerang mereka yang memiliki daya tahan tubuh rendah ataupun mereka yang belum pernah mendapatkan vaksin Campak sebelumnya. Seseorang yang tertular virus ini akan mengalami viremia primer, yaitu keadaan dimana virus menyebar ke seluruh pembuluh darah dan menginfeksi tubuh selama 2-3 hari.

Penyebab Penyakit Rubella

Jika Campak disebabkan oleh virus RNA berantai ganda, berbeda dengan Rubella. Dilansir Liputan6.com dari situs Centers for Disease Control and Prevention, Senin (4/3/2019), Rubella atau Campak Jerman ini berasal dari virus RNA berantai tunggal dari genus Rubivirus. Meski sama-sama menular melalui saluran pernapasan, Rubella punya medium lain.

Rubella bisa menyerang penderitanya yakni melalui transmisi vertikal seperti dari ibu kepada janinnya. Saat menginfeksi, virus RNA tunggal itu akan masuk ke sel-sel tubuh dan menetap di sana. Lalu menyerang dengan reaktivasi virus ketika tubuh dalam keadaan lemah.

Cara Mencegah Campak dan Rubella

Petugas menunjukan Vaksin Campak dan Rubella (MR) sebelum melakukan imuniasasi kepada anak di sebuah puskesmas, Banda Aceh, Rabu (19/9). Pemerintah Aceh memperbolehkan penggunaan vaksin MR dengan alasan dalam kondisi darurat. (CHAIDEER MAHYUDDIN / AFP)

Setelah penderita campak dan rubella semakin banyak berjatuhan, dapat disimpulkan bahwa dua penyakit ini tidak dapat diobati. Pengobatan yang diberikan kepada penderita sayangnya hanya bersifat sementara. Namun, campak dan rubella bisa dicegah dengan dilakukan imunisasi sejak usia dini.

Mengingat dua penyakit ini berasal dari virus RNA berbeda rantai, peneliti menemukan kombinasi vaksin yang bisa mencegah seseorang dari tertularnya virus ini. Vaksin tersebut disebut dengan Measles-Rubella atau MR.

 

Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR

Indonesia sendiri berkomitmen untuk mendukung eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit Rubella pada tahun 2020. Salah satu strateginya dengan melaksanakan Kampanye dan Introduksi Imunisasi MR (Measles Rubella).

Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk kedua penyakit ini. Satu vaksin mencegah dua penyakit sekaligus. Imunisasi MR diberikan pada anak usia 9 bulan sampai dengan kurang dari 15 tahun selama masa kampanye. Imunisasi MR masuk ke dalam jadwal imunisasi rutin segera setelah masa kampanye berakhir, diberikan pada anak usia 9 bulan, 18 bulan dan anak kelas 1 SD/sederajat tanpa dipungut biaya.

Untuk mengatasi penyakit Campak dan Rubella, vaksinasi dibutuhkan untuk mencegah merebaknya kedua virus tersebut. Melalui kegiatan kampanye dan introduksi imunisasi MR dengan cakupan yang tinggi, terbukti kasus penyakit Campak dan Rubella menurun di provinsi Pulau Jawa pada tahun 2017 silam.

Selanjutnya, diharapkan akan tercapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella sehingga anak-anak Indonesia dapat terlindungi dari penyakit berbahaya dan menimbulkan kecacatan ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kalah Agregat, Ajax Amsterdam Tak Gentar Main di Markas Real Madrid

Posted: 04 Mar 2019 09:45 PM PST

Para pemain Ajax Amsterdam berlatih di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam kalah agregat 1-2 atas Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Para pemain Ajax Amsterdam berlatih di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam kalah agregat 1-2 atas Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Kiper Ajax Amsterdam Konstantinos Lamprou melempar bola saat sesi latihan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam akan habis-habisan pada leg kedua menghadapi Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Kiper Ajax Amsterdam Konstantinos Lamprou melempar bola saat sesi latihan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam akan habis-habisan pada leg kedua menghadapi Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pemain Ajax Amsterdam Daley Blind (kiri) dan Lisandro Magallan bercanda saat berlatih di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax akan menghadapi Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pemain Ajax Amsterdam Daley Blind (kiri) dan Lisandro Magallan bercanda saat berlatih di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax akan menghadapi Real Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Bernat Armangue)

Kiper Ajax Amsterdam Andre Onana saat sesi latihan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam kalah agregat 1-2 atas Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Kiper Ajax Amsterdam Andre Onana saat sesi latihan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam kalah agregat 1-2 atas Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag (kiri) memberi instruksi kepada anak asuhnya saat berlatih di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam akan habis-habisan pada leg kedua menghadapi Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

Pelatih Ajax Amsterdam Erik Ten Hag (kiri) memberi instruksi kepada anak asuhnya saat berlatih di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Ajax Amsterdam akan habis-habisan pada leg kedua menghadapi Real Madrid. (AP Photo/Bernat Armangue)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jalanan Terendam, Kebon Jeruk Macet Parah

Posted: 04 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras yang mengguyur Jakarta menyebabkan sebagian jalanan banjir Selasa (5/3) pagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Gaya Kasual Maudy Ayunda yang Diterima di Harvard dan Stanford

Posted: 04 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Maudy Ayunda tengah dihadapkan dengan dua pilihan sulit. Pelantun Cinta Datang Terlambat ini diterima di dua universitas ternama dunia, yakni Harvard University dan Stanford University untuk meneruskan program S2.

Melalui akun Instagram pribadi, @maudyayunda, ia sempat membagikan dua cerita berbeda. Potret pertama Maudy Ayunda tampak duduk di depan patung John Harvad, sedangkan di potret berbeda ia memakai kaus bertuliskan "Stanford University".

Penyanyi dan penulis lagu berusia 24 tahun ini menjadikan pendidikan sebagai prioritas. Ia pun telah meraih gelar sarjana dari jurusan P.P.E (Politics, Philosophy, and Economics) di University of Oxford.

Meski menjadikan pendidikan sebagai prioritas, bukan berarti ia tak up to date dengan penampilan. Maudy Ayunda selalu tampil apik dalam berbagai kesempatan. Pemain film Perahu Kertas ini juga tidak jarang mengenakan busana yang kasual tetapi tetap terlihat stylish.

Seperti gaya Maudy dalam balutan atasa berkerah warna coklat tua yang dipadu dengan cardigan coklar muda. Penampilan ini didukung dengan celana panjang abu-abu dan pemakaian ikat pinggang hitam. Polesan makeup natural membuatnya tampil menawan.

Maudy Ayunda juga kerap membagikan potret outfitnya melalui Instagram. Seperti apa gaya kasualnya yang lain? Simak penampilan Maudy yang dapat menjadi inspirasi busana Anda berikut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kasual dengan Atasan Lengan Panjang

Maudy Ayunda (dok. Instagram @maudyayunda/https://www.instagram.com/p/BqjQXcRghjs/Putu Elmira)

Gaya kasual Maudy Ayunda juga tampak ketika ia mengenakan atasan lengan panjang berwarna navy blue dengan aksen garis biru muda di bagian leher dan pergelangan tangan. Penampilan ini dipadu bersama celana kulot hitam dengan kancing sebagai pemanis pada bagian bawah.

Pelantun Perahu Keras ini juga tak lupa mengenakan sepatu slip-on warna putih bermotif. Maudy juga membawa tas bernuansa hitam putih keluaran rumah mode mewah asal Italia, Prada.

Paduan Putih dan Coklat

Maudy Ayunda (dok. Instagram @maudyayunda/https://www.instagram.com/p/BqZLQCsAynl/Putu Elmira)

Pada penampilan kali ini, Maudy Ayunda kembali menunjukkan kecintaannya pada celana kulot dan memilih warna coklat bata. Ia tampil dalam balutan top crop putih dengan sentuhan garis hitam di beberapa sisi.

Gaya kasualnya turut didukung oleh pemakaian sepatu slip-on platform dengan nuansa silver di bagian depan dan warna putih mendominasi di seluruh sepatu. Sling bag Burberry dan kacamata hitam kian membuatnya tampil stylish.

Dalam Balutan Denim

Maudy Ayunda (dok. Instagram @maudyayunda/https://www.instagram.com/p/BsVOjVlgh0-/Putu Elmira)

Tampilan kasual chic Maudy Ayunda juga tampak dari potret yang mengabadikan dirinya dalam balutan atasan abu-abu yang dipadu jaket denim. Ia juga mengenakan celana panjang hitam.

Sambil membawa tas hitam, Maudy yang tengah berjalan-jalan memilih berpose melihat di sisi kanan. Rambut panjangnya dibiarkan tergerai dan polesan makeup polos.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panglima TNI Tegaskan Kebangkitan Dwi Fungsi TNI Hanya Omong Kosong

Posted: 04 Mar 2019 09:41 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan, isu aktifnya kembali dwifungsi TNI adalah omong kosong. Hal itu diungkap dalam acara Silaturahmi dengan Komunitas Perwira Hukum TNI.

"Tak benar bahwa dwi fungsi TNI akan seolah bangkit kembali, ini enggak benar. Omong kosong," kata Hadi dalam teks pidatonya yang dibacakan oleh Irjen TNI, Letjen Herindra di Aula Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (5/3/2019).

Menurut Panglima, aktifnya TNI di segenap kementerian dan lembaga sudah sesuai dengan Pasal 47 UU nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa prajurit aktif bisa menduduki jabatan pada 10 kantor, yaitu Kemenko Polhukam, Kementerian Pertahanan, Sesmilpres, BIN, Badan Sandi Negara, Lemhanas, Wantannas, Basarnas, BNN dan Makamah Agung.

"Aparat harus bersinergi, dan mengetahui betul tugas dan tanggung jawab, serta memperhatikan aspek kepentingan hukum, kepentingan umum dan kepentingan militer," jelas Panglima Hadi.

Selain itu revisi di UU tersebut dilaksanakan karena ada Kementerian/Lembaga yang baru terbentuk setelah 2004. Karenanya, mantan KSAU ini meminta masyarakat untuk cermat dan media bisa memberikan percerahan perihal terkait.

Dalam proses revisi ini, TNI menambahkan beberapa sektor kementerian dan lembaga, antara lain, Kemenko Maritim, Kantor Staf Presiden, dan Bakamla. Serta mengubah nama atau nomenklatur seperti Sandi Negara menjadi Cyber dan Sandi Negara, Basarnas menjadi Badan Pencarian dan Pertolongan.

Masa Lalu

"Jadi TNI menempatkan personelnya ke kemeterian dan lembaga karena kebutuhan dalam rangka pelaksanaan tugas menjaga kedaulatan negara," tutur Hadi.

Sebagai penutup, Panglima Hadi lewat teks pidato yang dibacakan, menegaskan dwi fungsi TNI adalah masa lalu yang sudah menjadi sejarah. Saat ini dan selanjutnya TNI semakin profesional menjalankan tugas sesuai Undang-Undang.

"Jadi kalau ada informasi bahwa dwi fungsi mau bangkit lagi saya katakan itu omong kosong," Hadi memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PHDI Undang Jokowi ke Acara Dharma Santi di Bali

Posted: 04 Mar 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertemu dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (5/3/2019). Kepada Jokowi, PHDI melaporkan rencana peringatan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 7 Maret mendatang.

Ketua PHDI Wisnu Bawa Tebaya mengatakan pihaknya juga turut mengundang Presiden Jokowi untuk menghadiri acara Dharma Santi dalam perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru 1941. Dharma Santi tahun ini rencananya akan digelar 5 April 2019, di Bali.

"Dharma Santi-nya kami akan lakukan di Bali, tinggal waktunya nanti dari Bapak Presiden. Ancer-ancernya 5 April kami akan lakukan di Bali," ujar Wisnu Bawa Tenaya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Menurut dia, Bali dipilih sebagai lokasi Dharma Santi lantaran peringatan tersebut sudah sering dilakukan di Jakarta. Wisnu juga menjelaskan bahwa Dharma Santi merupakan momen silaturahmi bagi umat hindu yang berada di luar daerah.

"Dharma Santi ini jadi acara kita untuk silaturahmi, dalam rangka perayaan Nyepi. Dengan kata lain saling asah, asih, asuh untuk membangun negeri ini jaya ke depan, damai negeri ku, maju Indonesia ku," terangnya.

Pesan Jokowi

Wisnu menuturkan bahwa Jokowi berharap agar perayaan Hari Raya Nyepi tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.

"Pesan dari pak presiden laksanakan kegiatan ini dengan tertib dan aman," katanya.

Dalam kesempatan ini, PHDI didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Staf Khusus Presiden Bidang Politik dan Pemerintahan Ari Dwipayana.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beredar Video Syahrini dan Reino Barack Kenakan Baju Pengantin Sunda

Posted: 04 Mar 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satu persatu fakta seputar pernikahan Syahrini dan Reino Barack terungkap. Baik Syahrini dan Reino Barack juga mulai aktif memunculkan fakta terbaru menyoal hari bahagia mereka.

Tak cuma Syahrini dan Reino Barack, akun gosip hiburan juga kian intens mengurai informasi mengenai pernikahan yang dilangsungkan di Tokyo, Jepang, 27 Februari 2019 lalu.

Salah satunya adalah kemunculan video Syahrini dan Reino Barack yang tampil berdua menggunakan pakaian pengantin adat Sunda.

Video tersebut diunggah akun gosip nyinyir_update di Instagram. Terlihat dalam video tersebut, Syahrini dan Reino Barack menggunakan pakaian pengantin berwarna putih. Syahrini dengan kebaya putih dan hiasan siger atau hiasan di kepala. Reino tampak gagah dengan jas warna senada. Lengkap dengan ronce melati yang dikalungkan.

Adat Sunda

Syahrini dan Reino Barack (https://www.instagram.com/p/BunCfAiBC-g/)

Tampak budaya Sunda terpancar dari gaun pengantin yang digunakan oleh Syahrini. Begitupun Reino Barack yang tampak gagah mengenakan beskap berwarna putih.

Sayangnya, belum ada konfirmasi langsung dari Syahrini dan Reino Barack seputar kemunculan video yang diduga menjadi rangkaian pernikahan mereka di Negeri Matahari Terbit, kampung halaman ibunda Reino, Reiko Barack.

Keduanya juga masih belum terus terang dengan pernikahan yang dihadiri sejumlah tokoh besar Indonesia itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Menang, Prabowo-Sandi Pisahkan Kementerian PU dengan Perumahan

Posted: 04 Mar 2019 09:39 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kubu calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan kembali memisahkan Kementerian Perumahan Rakyat dan Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Suhendra Ratu Prawiranegara mengatakan, penting bagi Kementerian Perumahan Rakyat untuk bisa berdiri sendiri. Hal ini agar ada kementerian yang fokus untuk menyelesaikan masalah kekurangan perumahan di Indonesia.‎

"Perumahan rakyat harus ditangani secara fokus. Pada saatnya Kementerian Perumahan Rakyat akan hadir kembali jika Prabowo-Sandi terpilih. Janji ini akan kita penuhi," ujar dia di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Menurut dia, Indonesia harus mencontoh negara-negara maju seperti Jepang, Korea dan Singapura dalam mengatasi masalah kekurangan hunian bagi penduduknya. Negara-negara tersebut dinilai sangat ‎fokus dalam hal penyediaan perumahan.

‎"Jepang, Korea, Singapura, mereka serius menangani perumahan rakyat. Jadi tidak bisa Kementerian Perumahan Rakyat ini ditempel dengan PU. Itu dua hal berbeda tapi terkait," kata dia.

Adanya Kementerian Perumahan Rakyat ini juga mendapat dukungan dari Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi) Junaidi Abdillah. Menurut dia, masalah perumahan ini bukan soal ketersediaan infrastruktur, melainkan bagian dari masalah sosial, akses pembiayaan dan tata ruang.

"Saya setuju dengana adanya Kementerian Perumahan Rakyat. Masalah sosial ini jauh dari infrastruktur, ini terkait dengan LSD, perbankan, lahan," tandas dia.

Jika Terpilih, Jokowi Bakal Bangun 5 Juta Rumah

Presiden Joko Widodo menyapa warga saat meninjau rumah contoh untuk PPRG di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Rencananya rumah tersebut akan dibangun 500 unit, dimana tahap pertama dibangun 150 unit terlebih dahulu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'aruf Amin memiliki program membangun 5 juta rumah jika terpilih dalam Pemilu 2019. Program ini merupakan kelanjutan dari program Sejuta Rumah yang sudah dijalankan saat ini.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'aruf Amin, Arif Budimanta, mengatakan bahwa ketersediaan rumah bagi masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi perhatian Paslon nomor urut 01.

"Ini isu yang sangat penting. Masalah mendasar yang harus kita selesaikan," kata dia, dalam acara 'Rembuk nasional: Mengukur perlunya Kementerian Perumahan rakyat Kabinet 2019-2024', di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (5/3/2019). 

Komitmen untuk menyediakan rumah bagi masyarakat, kata Arif, telah ditunjukkan oleh Joko Widodo. Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Jokowi pada masa jabatannya sebagai Presiden adalah bentuk nyata perhatian tersebut.

"Lima tahun yang akan datang, Pemerintah, Pak Presiden meneruskan jalan perubahan Indonesia maju. Program 1 juta rumah sudah tercapai bahkan lebih," kata dia.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) per Desember 2018, tercatat 1.076.856 rumah yang telah dibangun. Dari angka tersebut, 729.876 rumah merupakan rumah MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan 346.980 rumah non-MBR.

"Lima tahun yang akan datang 5 juta rumah. Bukan hanya rumah baru tapi semua program yang berkaitan dengan perumahan rakyat. Juga akan dikembangkan perumahan yang dekat dengan tempat kerja. Kalau kita sediakan jauh dari tempat kerja, maka cost akan lebih besar," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BWI Dorong Generasi Milenial Bayar Wakaf

Posted: 04 Mar 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Wakaf Indonesia (BWI) terus berkomitmen mengoptimalkan potensi wakaf agar dapat berkontribusi dalam menguatkan ekonomi.

Komitmen ini juga dilakukan sejalan sebagai upaya untuk memperbesar dunia perwakafan di Tanah Air.

Ketua BWI, Mohammad Nuh membeberkan, ada beberapa isu strategis dalam upaya memperbesar dunia perwakafan Indonesia.  Salah satunya adalah isu mengenai wakif atau orang yang mewakafkan sebagian hartanya.

"Kalau ditanya apa yang harus dilakukan memperbesarkan dunia perwakafan? Pertama adalah bagaimana caranya memperbanyak wakif," kata Nuh dalam sambutannya pada saat acara Indonesia Wakaf Summit 2019, di Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Nuh mengatakan, upaya pihaknya untuk memperbanyak wakif adalah dengan menggaet seluruh lapisan masyarakat. Dalam hal ini, tidak hanya orang tua saja, melainkan generasi milenial pun turut menjadi sasaran.

"Mulai dari senior sampai milenial itu yang sampai sekarang kita harus dorong anak 15 tahun. Oleh karena itu kita ingin perbanyak wakif melalui literasi sehingga nanti dia (milenial) akan menjadi wakif," imbuh Nuh.

 

 

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pola Pikir tentang Wakaf Perlu Dibenahi

Mantan Menteri Pendidikan dan Budaya ini melanjutkan, isu kedua yakni mengenai pengelolaan harta wakaf itu sendiri. Menurut dia, pola pikir masyarakat tentang wakaf saat ini perlu dibenahi. Sebab, sebagian masyarakat masih beranggapan wakaf itu hanya berkaitan dengan masalah tanah.

"Kalau dulu wakaf sebatas urusan tanah maka Alhamdulillah pemikiran dari pendahulu kita harta wakaf smakin luas. Mulia dari tanah, royalti, apa saja sudah semakin berkembang dan memudahkan orang memberikan wakafnya," ujar dia.

Kemudian upaya terakhir dalam mengembangkan perwakafan yakni menciptakan nilai tambah dari wakaf itu sendiri.

"Nilai wakaf adalah nilai tambah, oleh karena itu ciri yang paling gampang bagi umat memasuki prradaban modern adalah wakafnya maju apa tidak, kalau tidak maju berarti belum. Tapi kalau perwakafan sudah modern maka di situ suatu kemajuan peradaban," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

TKN Jokowi - Ma'ruf Terima Sumbangan Dana Kampanye Rp 130 M per Februari 2019

Posted: 04 Mar 2019 09:38 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf Amin melaporkan jumlah penerimaan dana kampanye per 28 Februari 2019. Total keseluruhan uang yang diterima sebesar Rp 130,452 miliar berdasarkan penerimaan di rekening TKN.

Total sumbangan berupa uang tunai mencapai Rp 87,096 miliar, sisanya berupa barang dan jasa.

"Dari total penerimaan dana Rp 87,095 miliar, sumbangan terbesar berasal dari 18 badan usaha nonpemerintahan," ujar Wakil Bendahara Umum TKN Juliari P Batubara saat konferensi pers di Posko Cemara, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Sumbangan badan non pemerintahan sebesar Rp 48,249. Terbesar kedua berasal dari partai politik, yaitu PDI Perjuangan, Nasdem, dan Perindo, Rp 27 miliar, dan sumbangan 190 perseorangan Rp 11,793 miliar dan bunga bank, Rp44,957 juta.

"Selain berbentuk dana tunai, TKN Jokowi Maruf juga menerima sumbangan berupa barang dan jasa," jelas Juliari.

 

Penerimaan Barang dan Jasa

Penerimaan barang dan jasa, masing-masing sebesar Rp 11,713 miliar dan Rp 31,643 miliar. Sumbangan barang dari partai politik sebesar Rp 4,932 miliar, perseorangan Rp 24 juta, dan kelompok Rp 6,756 miliar.

Adapun sumbangan berupa jasa TKN senilai Rp 31,643 miliar berasal dari partai Rp 478,245 juta dan kelompok Rp31,165 miliar.

"Sehingga total penerimaan keseluruhan mencapai Rp 130,452 miliar," kata Juliari.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Andi Arief, Ini Deretan Politikus Terjerat Narkoba

Posted: 04 Mar 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Andi Arief baru saja ditangkap oleh aparat kepolisian lantaran dugaan penyalahgunaan narkoba. Namun, ia bukanlah politikus pertama yang ditangkap karena kedapatan mengonsumsi barang haram tersebut.

Sebelum Andi Arief, sebut saja ada politikus Partai Golkar Indra J Piliang yang diamankan karena diduga menggunakan narkoba. Penangkapannya terjadi pada 13 September 2017 lalu.

Selain dia, ada pula anggota DPRD Kabupaten Langkat, Sumatera Utara bernama Ibrahim Hasan. Parahnya, ia justru turut serta menyelundupkan narkoba dari Malaysia bersama rekannya yang lain.

Ibrahim diamankan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) saat sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang dilakukan Ibrahim terkait dirinya yang akan maju pada pemilihan legislatif (pileg) mendatang.

Berikut politikus serta pejabat daerah lainnya yang ditangkap karena kasus narkoba selain Andi Arief dihimpun Liputan6.com:

 

1. Indra Iskandar

Ilustrasi Narkoba

Seorang anggota DPRD Pasuruan dari fraksi PKB (nonaktif) Indra Iskandar diringkus polisi karena kasus narkoba pada 2016 silam. Ia terbukti menyimpan dan memiliki narkoba sabu-sabu 1,7 gram.

Indra divonis empat tahun penjara. Hukuman ini lebih ringan satu tahun dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum dari Kejaksaan Negeri Surabaya yang menuntut lima tahun penjara.

 

2. I Nyoman Wirama Putra

Ilustrasi Narkoba 4 (Liputan6.com/M.Iqbal)

Selain Indra, pada 2017, mantan anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Bali, I Nyoman Wirama Putra ditangkap polisi di Hotel Alila Pecenongan, Jakarta Pusat. Indra juga dinyatakan positif menggunakan barang haram tersebut.

Saat penggerebekan, polisi juga turut mengamankan barang bukti berupa alat isap sabu, cangklong, bong, dua pipet kaca, dan plastik bekas sabu.

Tak hanya itu, pria asal Bali ini juga diciduk di kamar hotel ketika bersama seorang perempuan yang merupakan calon istrinya.

 

3. Ervan Teladan

Polisi tahan teman Ervan Teladan (Ady Anugrahadi/Liputan6.com)

Kasus narkoba juga menyeret seorang anggota DPRD Kota Depok berinisial ET atau Ervan Teladan. Sebelum akhirnya ditangkap, Ervan sempat menjadi buronan polisi.

Pada Sabtu, 4 Februari 2017, polisi menggeledah salah satu rumah di Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Depok, Jawa Barat. Rumah itu rupanya milik Ervan Teladan. Penggeledahan dilakukan untuk mencari barang bukti lain berupa sabu.

Wakasat Narkoba Polresta Depok Ajun Komisaris Rosana Labobaro mengatakan, ternyata sewaktu penggeledahan tersebut, Ervan bersembunyi di atas loteng.

"Hari ini menggeledah kembali rumahnya bersama tersangka. Kami menemukan satu paket sabu di loteng rumah tersangka," ujar Rosana, di Depok, Jawa Barat, Minggu, 26 Februari 2017.

Rosana menjelaskan selama satu hari tersangka bersembunyi di atas plafon rumahnya. Sebelum akhirnya kabur berpindah-pindah selama kurang lebih dua pekan.

"Besoknya dia (Ervan Teladan) keluar. Mungkin karena tersangka yang punya rumah, jadi lebih menguasai tempat-tempat tersembunyi. Besoknya dia keluar," Rosana menandaskan.

 

4. Indra J Piliang

Politikus Partai Golkar Indra J Piliang ditangkap polisi (foto: istimewa)

Lalu, politikus Partai Golkar Indra J Piliang diamankan oleh aparat. Indra diamankan bersama dua rekannya, yakni RF dan MIJ di sebuah tempat karaoke di Taman Sari, Jakarta Barat pada 13 September 2017 pukul 19.30 WIB usai mengonsumsi narkoba jenis sabu sebanyak 1 gram.

Dari pengamanan polisi, ditemukan tiga barang bukti, yakni satu set bong (alat isap sabu), cangkong bekas pakai, satu plastik bekas pakai, dan satu korek gas. Ketiganya juga dinyatakan positif menggunakan narkoba.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, sumber narkoba yang dikonsumsi Indra J Piliang berasal dari pihak internal Karaoke Diamond. Pihak internal tersebut kini tengah diamankan dan diperiksa Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya.

Polisi akhirnya menetapkan Indra J Piliang, serta dua rekannya, RF dan MIJ sebagai tersangka kasus narkoba. Mereka tersandung Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Pasal 127 tentang Penyalahgunaan Narkotika.

Terkait proses hukum lantaran tidak ditemukan barang bukti, ketiga tersangka ini akan menjalani proses rehabilitasi dengan berkoordinasi ke Badan Narkotika Kota (BNK).

"Aturan undang-undang yang kita jalankan, aturannya kalau tidak ada barang bukti kan direhab ya. Assessment dulu nanti koordinasi dengan BNK," tutup Argo.

 

5. Rama Diansyah

Sabu-sabu. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Selain itu, anggota DPRD Pesawaran Provinsi Lampung Rama Diansyah juga diamankan karena kasus narkoba. Ia ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung saat menggelar pesta narkoba pada 2017.

Saat ditangkap, polisi mengamankan delapan orang termasuk dua anggota DPRD Pesawaran. Selain Rama dari Fraksi Partai Gerindra, anggota DPRD lain yang ikut ditangkap adalah Yudianto. Ia merupakan politikus dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

 

6. Roosmerry

Ilustrasi narkoba, Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Politikus Partai Gerindra, Roosmerry dinyatakan sebagai tersangka penyalahgunaan narkoba pada 2017. Anggota DPRD Minahasa Selatan, Sulawesi Utara itu ditangkap di Manado setelah diketahui mengonsumsi sabu-sabu.

Roosmerry ditangkap bersama dengan teman prianya.

 

7. La Usman

Ilustrasi narkoba

Selain itu, pada 2018, mantan Ketua DPR Buton Selatan, La Usman kedapatan mengonsumsi sabu di Hotel Red Planet, Jakarta.

Kala itu, ia berada di Jakarta dalam rangka mengurus acara Pekan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara di Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Menurut pengakuan La Usman, dirinya mengaku mengonsumsi sabu untuk menghilangkan rasa lelah dan stres akibat pekerjaan yang menumpuk.

 

8. Ibrahim Hasan

Sabu-sabu. Ilustrasi: Dwiangga Perwira/Kriminologi.id

Anggota DPRD Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Ibrahim Hasan diamankan petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait pengungkapan 105 kilogram narkoba jenis sabu dan 30 ribu ekstasi.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari mengatakan, Ibrahim diamankan petugas BNN saat sedang melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Sosialisasi yang dilakukan Ibrahim terkait dirinya yang akan maju pada pemilihan legislatif (pileg) mendatang.

"Saat kita amankan, tersangka sedang sosialisasi kepada masyarakat," kata Arman Depari di Medan, Selasa, 21 Agustus 2018.

Arman menjelaskan, Ibrahim diamankan petugas BNN terkait rangkaian pengungkapan kasus narkoba di tiga lokasi berbeda, yakni di sebuah kapal di perairan Aceh Timur, Pangkalan Susu, dan Pangkalan Brandan pada Minggu, 19 Agustus 2018 dan Senin, 20 Agustus 2018.

Arman menyebut, Ibrahim termasuk bandar besar. Dari pengakuannya kepada petugas, Ibrahim sudah dua kali melakukan pengiriman narkoba. Sedangkan, barang haram yang diamankan petugas BNN kali ini rencananya akan dikirim ke beberapa daerah, mulai dari Aceh, Medan, dan Jakarta.

 

9. Andi Arief

Politikus Demokrat Andi Arief. (Liputan6.com/M. Radityo)

Belakangan, nama Andi Arief kembali ramai diperbincangkan. Andi Arief ditangkap di salah satu kamar Hotel Peninsula, Jakarta Barat karena diduga menggunakan narkoba. Ia ditangkap pada Minggu, 3 Maret 2019 sekitar pukul 18.30 WIB.

"Memang benar, hari Minggu kemarin (3 Februari 2019), pukul 18.30 WIB, di salah satu kamar Hotel Peninsula, Jakarta Barat, petugas kami mendapat informasi dari masyarakat adanya pengguna narkoba," ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin, 4 Maret 2019.

Mendapat informasi itu, petugas langsung bergerak. Tim melakukan penyelidikan dan menggelar langkah-langkah penggerebekan terhadap terduga Andi Arief.

"Setelah diselidiki, surveillance, mapping, dan lain-lain, petugas berhasil menggeerebek melakukan upaya paksa kepolisian berbentuk penangkapan dan penyitaan terhadap beberapa barang bukti," jelas dia.

Saat penggerebekan berlangsung, polisi menemukan orang yang diduga Andi Arief. Selain itu, sejumlah barang bukti penggunaan narkoba jenis sabu juga disita. Usai penangkapan, polisi masih memeriksa terduga Andi Arief. Iqbal menegaskan, terduga Andi Arief positif mengandung narkoba jenis sabu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makanan Unik di Indonesia ini Bentuknya Aneh, Bikin Penasaran

Posted: 04 Mar 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makanan adalah salah satu sumber pokok bagi manusia. Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk kelangsungan hidup. Makanan yang bisa dikonsumsi oleh manusia dapat berasal dari berbagai macam bahan. Makanan diolah dengan berbagai cara agar makanan tersebut layak untuk dikonsumsi.

Namun banyak makanan yang menggunakan bahan-bahan unik atau bahan yang terdengar aneh bagi kebanyakan masyarakat awam. Tak hanya dari bahan yang digunakan, makanan tersebut juga disajikan dengan bentuk yang tak biasa sehingga menciptakan makanan unik.

Lazimnya makanan unik sengaja diciptakan untuk menarik minat pelanggan. Saat ini beragam makanan unik bisa dijumpai di banyak tempat di Indonesia, mulai dari kota-kota besar hingga pelosok desa.

Memiliki keragaman budaya, tak heran jika setiap daerah di Indonesia memiliki makanan unik yang hanya ada di daerah tersebut. Dilansir Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (4/3/2019) berikut beberapa makanan unik yang ada di Indonesia yang bisa membuatmu penasaran untuk mencicipinya.

Beberapa makanan unik dilihat dari bentuknya

Makanan Unik di Indonesia (sumber: iStock)

1. Nasi kare di Karei-Ya Fusion

Makanan unik dapat kamu temukan di restoran Karei-Ya Fusion. Makanan unik ini adalah nasi kare yang memiliki bentuk seperti tokoh Harley Quinn dalam film Suicide Squad. Dari bentuk tatanan nasi di piringnya hingga rambut yang dihias menggunakan suwiran telur. Tak hanya tokoh Harley Quinn, ada tokoh lainnya yang ditawarkan di restoran tersebut.

2. Biskuit sabun

Biskuit adalah salah satu makanan ringan yang sering menjadi cemilan banyak orang. Namun bagaimana kalau biskuitnya berbentuk seperti sabun? Makanan unik ini ada di Jakarta. Bentuk biskuitnya seperti sabun dan ada busa juga di biscuit tersebut. Tak hanya sabun, makanan unik lainnya yang disediakan di kafe Namaz Dining ini seperti peralatan rumah tangga, lisptik, bedak bayi dan lain-lain.

3. Martabak hitam

Selain burger hitam, ada juga makanan unik yaitu martabak item (hitam). Martabak item ini bisa kamu temui kota Bandung. Martabak item ini biasanya berisi berbagai pilihan seperti keju, coklat, kacang, cookies dan cream. Warna hitam pada martabak tersebut, dibuat dari bahan coklat.

4. Bakpao berbentuk hewan lucu

Salah satu tempat di kawasan Jakarta memiliki makanan unik yang dijual kepada masayarakat. Kafe ini menjual bakpao coklat dengan bentuk yang lucu dan unik. Bakpao itu memiliki bentuk seperti landak kecil yang lucu. Kamu bisa menemui makanan unik in di kafe Paradise Dynasty, Jakarta Barat.

Makanan – makanan unik dilihat dari bahan dan pengolahannya

Makanan Unik di Indonesia (sumber: iStock)

5. Rambutan goreng

Buah yang biasanya dapat digoreng adalah pisang, namun ada buah lain yang bisa digoreng. Yaitu rambutan. Makanan unik rambutan goreng ini digoreng setelah dilumuri oleh tepung terigu, garam, air, vanili dan telur.

6. Tempe renyah dengan balutan coklat

Makanan unik ini bisa kau jumpai di Malang. Tempe coklat ini diproduksi oleh toko de konco, Malang sebuah industry rumahan. Jika biasanya tempe sebagai lauk saat makan, kali ini tempe tersebut diolah sebagai camilan. Camilan tempe tersebut dicampur dengan coklat yang memiliki rasa manis. Renyahnya tempe dipadukan dengan balutan coklat membuat rasa makanan unik satu ini sudah menyebar hingga Surabaya, Banjarmasin, Medan dan Semarang.

7. Keripik dari kulit semangka

Jika biasanya setelah memakan semangka, kulit semangka akan dibuang. Namun ada makanan unik yang terbuat dari kulit-kulit semangka tersebut. Di Malang, ada keripik yang terbuat dari kulit semangka. Sama seperti membuat keripik lainnya, kulit semangka tersebut digoreng dalam suhu 50-60 derajat setelah dimasukkan kedalam kulkas selama 15 menit.

8. Minuman infus

Tak hanya makanan unik, di Indonesia juga memiliki minuman unik. Salah satunya adalah minuman infus. Disebut dengan minuman infus karena minuman tersebut menggunakan wadah kantong infus. Minuman ini berisi minuman dari olahan buah dan susu yang menyegarkan tenggorokan. Tampilan minuman infus ini menarik karena ada yang berwarna merah menyerupai darah dalam kantong infus.

Tak hanya ada di Indonesia, di berbagai negara juga memiliki makanan unik. Baik dari bentuk penyajiannya mauoun dari bahan olahan yang digunakan dalam makanan tersebut. Ada yang menyajikan dengan unik dan sedikit terlihat rumit saat akan memakannya.

Ada yang menyajikan coklat putih dengan sandal jepit sebagai alasnya, menyajikan salad dengan kaleng bekas serta menyajikan makanan dengan menggunakan toolbox atau kotak peralatan tukang dan masih banyak lagi.

Makanan unik diciptakan oleh orang-orang yang memiliki ide kreatif atau memang telah menjadi budaya adat di daerah tersebut. Demikian beberapa makanan unik di Indonesia dilihat dari bahan pembuatannya hingga bentuknya yang membuat penasaran banyak orang. Tak hanya di Indonesia, di beberapa negara lain pun memiliki makanan unik yang bisa kamu coba saat mengunjungi ke negara tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tunjang TOD dan MRT, Underpass Jalan Kendal Ditutup

Posted: 04 Mar 2019 09:32 PM PST

Spanduk pemberitahuan underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan bermotor di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Spanduk pemberitahuan underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan bermotor di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pejalan kaki melewati underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan bermotor di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pejalan kaki melewati underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan bermotor di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan saat perbaikan jalan dan pedestrian di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan saat perbaikan jalan dan pedestrian di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Underpass Sudirman yang ditutup saat perbaikan jalan dan pedestrian di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Underpass tersebut ditutup untuk dijadikan pedestrian penunjang Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Underpass Sudirman yang ditutup saat perbaikan jalan dan pedestrian di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Underpass tersebut ditutup untuk dijadikan pedestrian penunjang Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pejalan kaki melewati underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan bermotor di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Pejalan kaki melewati underpass Sudirman yang ditutup bagi kendaraan bermotor di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Penutupan juga untuk menunjang pengoperasian MRT Jakarta yang mulai beroperasi akhir Maret 2019. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Underpass Sudirman yang ditutup saat perbaikan jalan dan pedestrian di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Underpass tersebut ditutup untuk dijadikan pedestrian penunjang Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Underpass Sudirman yang ditutup saat perbaikan jalan dan pedestrian di Jalan Kendal, Jakarta, Selasa (5/2). Underpass tersebut ditutup untuk dijadikan pedestrian penunjang Transit Oriented Development (TOD) Dukuh Atas. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketegangan Berlanjut, India Tembak Drone Pakistan

Posted: 04 Mar 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, New Delhi - Angkatan Udara India mengaku telah menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak (drone) milik Pakistan pada Senin, 4 Maret 2019.

Penembakan drone dilakukan oleh seorang anggota militer India, dari pesawat tempur Sukhoi-30.

Menurut sumber yang tidak disebutkan namanya, tentara itu menembakkan rudal jenis udara-ke-udara (air-to-air missile), di dekat Kota Bikaner, barat laut Negara Bagian Rajasthan yang tidak jauh dari perbatasan dengan Pakistan.

Dikutip dari Channel News Asia, Selasa (5/3/2019), drone itu ditembak jatuh karena "menyimpang dari perbatasan," masuk ke dalam wilayah kedaulatan Negeri Anak Benua.

Saksi mata mengatakan bahwa mereka mendengar suara keras di pagi hari disusul dengan penemuan puing-puing drone. Puing-puing yang dimaksud ditemukan dekat Desa Nanghatad, Distrik Kutch, Negara Bagian Gujarat.

"Kejadian seperti itu telah terjadi. Kami sedang menyelidiki masalah ini," kata seorang pejabat kepolisian.

Adapun insiden terjadi hampir bersamaan dengan penyerangan markas militan Jaish-e-Mohammad (JeM) di Balakot, oleh belasan pesawat jet tempur India Mirage 2000, dilaporkan oleh majalah daring Inggris, The Week.

Sejumlah pengguna Twitter menuduh India telah mengebom Fort Abbas di Negara Bagian Punjab, sebuah daerah perbatasan yang terletak tidak jauh dari Kota Bahawalpur.

Hingga saat ini, kedua pihak belum memberikan tanggapan.

Perlu diketahui, Pakistan telah dua kali mencoba mengirim drone ke wilayah India dalam enam hari terakhir.

Drone pertama yang dikirim Islamabad berhasil ditembak jatuh oleh militer India pada Rabu, 27 Februari 2019 lalu, sebagaimana dilaporkan oleh media Press Trust of India (PTI).

 

Simak pula video pilihan berikut:

Konflik Sempat Hampir Mereda

Imran Khan, Perdana Menteri Pakistan yang dulunya merupakan mantan atlet kriket dan selebritas nasional (AP)

Tensi konflik kedua negara sempat menurun, khususnya saat Perdana Menteri Pakistan Imran Khan menyatakan pembebasan pilot jet tempur India, Komandan Abhinandan Varthaman, yang disebut sebagai "pertanda damai".

"Sebagai isyarat perdamaian, kami akan membebaskan pilot India besok," kata Imran Khan di depan Majelis Nasional, Kamis 28 Februari 2019.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa India dan Pakistan harus hidup dalam damai. Sehingga penurunan tensi kedua negara harus dilakukan. Setelah sebelumnya, Imran telah mendesak untuk mengadakan pembicaraan damai dengan New Delhi.

India menanggapi dengan baik sikap Pakistan. Sebagaimana diketahui bahwa penahanan pilot serta penembakan jet tempur beberapa waktu lalu telah menaikkan kemarahan New Delhi.

Senada dengan Pakistan, India telah memberikan sinyal baik terkait perdamaian. Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj mengatakan bahwa negaranya "tidak ingin melihat eskalasi lebih jauh". Hal itu disampaikan Swaraj dari sebuah rapat dengan menteri luar negeri China dan Rusia.

Meskipun demikian, komentar resmi belum didapatkan dari Perdana Menteri Narendra Modi. Ia sendiri telah mengadakan rapat mendesak dengan para pimpinan keamanan India pada Rabu.

Meskipun konflik tidak serta merta berhenti pascapembebasan pilot jet tempur, tindakan dianggap cukup signifikan dalam mengurangi ketegangan New Delhi dan Islamabad.

Sayangnya, tensi yang menurun tidak serta merta konflik selesai. 

Tentara India dan Pakistan dikabarkan kembali melakukan baku tembak dengan menargetkan pos dan desa masing-masing di sepanjang perbatasan mereka yang bergejolak di Kashmir pada akhir pekan lalu.

Baku tembak itu menewaskan setidaknya 7 orang, yang terdiri dari 5 warga sipil dan 2 tentara, kata para pejabat di kedua pihak seperti dikutip dari Al Jazeera.

Hingga saat ini, tentara India dan Pakistan dalam jumlah banyak masih berjaga di daerah perbatasan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Matangkan Taktik Jelang Lawan Persebaya di Piala Presiden 2019

Posted: 04 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung mempersiapkan diri dengan serius menghadapi laga kedua mereka di Grup A Piala Presiden 2019. Kamis (7/3), Tim Maung Bandung dijadwalkan berhadapan dengan Persebaya Surabaya di turnamen yang disiarkan di Indosiar ini.

Selasa pagi, Persib menggelar latihan dengan mematangkan takik di lapangan Sasana Olahrga Ganesha (Saraga) ITB, Bandung. Seperti dirilis situs resmi mereka, pelatih Miljan Radovic memberikan menu latihan small sided game untuk pasukannya.

Ini merupakan salah satu rangkaian latihan sebelum duel lawan Persebaya Surabaya, yang akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat dan disiarkan di Indosiar.

Dua pemain yang sebelumnya absen lawan PS Tira Persikabo di laga pertama: Supardi Nasir dan Esteban Vizcarra sudah ikut terlibat small sided game ini. Namun, belum diketahui, apakah keduanya akan tampil lawan Persebaya.

Sebelumnya, Supardi absen lantaran sakit cacar. Sementara Vizcarra mengalami cedera dislokasi sikut kiri saat Persib tampil di Piala Indonesia lawan Arema FC.

Vizcarra Ingin Tampil

Gelandang Persib Bandung, Esteban Vizcarra, beradu cepat dengan bek Arema Malang, Arthur Cunha, pada laga Piala Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Senin (18/2). Persib bermain imbang 1-1 melawan Arema. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Vizcarra mengatakan, pada pertandingan melawan Tira-Persikabo, dirinya ingin sekali tampil. Namun ia menyadari belum siap. Sehingga pada pertandingan berikutnya ia berharap Maung Bandung meraih hasil sempurna demi bertahan di turnamen Piala Presiden 2019.

"Saya ingin sekali main apalagi kemarin kita kalah ya. Saya dari atas ingin sekali bantu tim, rassnya tidak tahan. Makanya besok siap-siap," ujarnya.

Jadwal Persib

Kamis 7 Maret 2019

15.30 WIB: Persebaya vs Persib

Selasa 12 Maret 2019

18.30 WIB: Persib vs Perseru

Venue: Si Jalak Harupat

Live: Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datangi Acara Pernikahan Tanpa Billy, Hilda Vitria Kenakan Busana Seksi

Posted: 04 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hilda Vitria sempat dikabarkan putus dari Billy Syahputra, meskipun Billy baru-baru ini membantahnya. Namun, unggahan Hilda di media sosial seolah menegaskan kabar itu.

Belakangan ini, ada yang berbeda dari Hilda Vitria ketika kita membuka foto-fotonya di media sosial. Tak ada satupun unggahan yang memperlihatkan wajah Billy Syahputra.

Bahkan, foto terbaru Hilda Vitria tanpa Billy Syahputra diambil saat wanita 23 tahun itu sedang menghadiri pernikahan desainer kondang Samuel Wongso.

"Congratulation ka, happily ever after," tulis Hilda Vitria sambil mengunggah foto saat bersama para sahabatnya, Senin (4/2/2019).

Menanyakan Billy Syahputra

Hilda Vitria di acara pernikahan desainer kondang Samuel Wongso. (Instagram @hvkhildavitriakhan)

Banyak reaksi yang disampaikan warganet ketika melihat foto Hilda Vitria di acara pernikahan itu. Beberapa bahkan mempertanyakan keberadaan Billy Syahputra.

"Mana @bilsky16 .y kok gak ads," tanya @taufiqrahman923.

"Ga sama bily lgi ka?" ujar @lanii.lanii.1401.

Bagian Tubuh

Billy Syahputra dan Hilda Vitria

Selain menanyakan keberadaan Billy Syahputra, penampilan Hilda Vitria pun turut menjadi perbincangan warganet. Dress hitam panjang yang memperlihatkan paha Hilda Vitria, turut mengundang komentar tersendiri.

"galfok sama paha nya ka mulus buanget cantik," tulis @nazwa_salsabilla.r.

"Kliatan bgt sengajain mau pamer paha," ujar @you244551.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surya Gamelan Perkenalkan Wayang di Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen

Posted: 04 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Orkestra Surya Gamelan mendapat undangan kehormatan dari panitia Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen, untuk bergabung di acara yang akan digelar pada 24 Maret hingga 14 April mendatang. Kabar gembira itu disampaikan pimpinan Orkestra Surya Gamelan, Paulus Surya, Senin (4/3).

Menurutnya, event ini adalah sebuah wadah yang dikelola bersama oleh Pemerintah Kota Shenzhen dan Asosiasi Musisi China sejak tahun 2017. Dengan musik sebagai konten utamanya, festival ini menggabungkan berbagai bentuk seni dari negara-negara di sepanjang Belt and Road.

"Kita akan bawa 28 personel ke Shenzhen, China. Kali ini saya ingin memperkenalkan Gamelan Jawa dengan wayang. Karena gamelan sebenarnya juga orchestra. Di sana saya akan mendalang. Tapi diawali nuansa gamelan dulu, baru kemudian gamelan dengan wayang. Tentunya lengkap dengan Sinden," jelasnya.

Paulus Surya mengaku bangga dan berterimakasih atas undangan panitia untuk bergabung pada Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen tersebut. Apalagi, Orkestra Surya Gamelan dianggap mempunyai pengaruh besar di arena musik internasional. Atas kepercayaan itu, jelas Orkestra Surya Gamelan akan tampil maksimal sehingga mampu memberikan hiburan yang berbeda bagi penonton Tionghoa.

Staff Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Don Kardono menyatakan, Belt dan Road saat ini menjalankan fungsinya dengan baik sehingga mampu mengakomodir berbagai budaya yang ada. Seperti halnya Chinese Silk Road yang berfungsi sebagai jembatan penghubung antara timur dan barat, dengan pertemuan dan penggabungan perdagangan dan budaya mereka. Chinese Silk Road adalah platform terbaik yang menghadirkan pertukaran ekonomi dan perdagangan antara negara-negara maju.

"Ini momen yang bagus dan harus disambut dengan gembira. Mereka yang akan memfasilitasi kunjungan seluruh personel Orkestra Surya Gamelan ke Shenzhen. Mereka juga akan sangat menghargai keberadaan tim Orkestra Surya Gamelan dan akan dilakukan kerjasama secara profesional," jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, musik cukup efektif untuk mendongkrak pariwisata, termasuk untuk mempererat hubungan baik antar negara. Sebab, musik menjadi bahasa yang universal sehingga dimengerti banyak orang dan banyak disukai. Apalagi, yang terlibat adalah orang-orang hebat di bidangnya.

"Untuk menciptakan crowd memang perlu bahasa universal. Dan musik adalah salah satu jawabannya. Kekuatan musik sangat dahsyat. Jika sekarang musisi kita diundang pada Festival Musik Internasional 'Belt and Road' Shenzhen, mungkin lain waktu giliran kita yang mengundang musisi dari sana," ungkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemkominfo Imbau Operator Matikan Internet di Bali saat Nyepi

Posted: 04 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengimbau operator seluler yang beroperasi di Bali untuk mematikan jaringan internet selama Hari Raya Nyepi pada 7 Maret 2019.

Hal ini dikemukakan melalui keterangan tertulis yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (5/3/2019).

Imbauan ini dikeluarkan sebagai tindak lanjut atas Seruan Bersama Majelis-majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019, dalam rangka pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang berlangsung 7 Maret 2019.

Kemkominfo melalui Direktorat Telekomunikasi Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika mengeluarkan Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Imbauan untuk Melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019.

"Agar seluruh Penyelenggara Telekomunikasi yang menyediakan layanan akses internet di Provinsi Bali untuk melakukan langkah-langkah dalam mendukung seruan bersama dimaksud pada Hari Raya Nyepi," kata Kemkominfo dalam pernyataannya.

Adapun Hari Raya Nyepi berlangsung pada tanggal 7 Maret 2019 pukul 06.00 WITA sampai dengan 8 Maret 2019, pukul 06.00 WITA.

Tetap Jaga Kualitas Internet di Tempat Umum

Umat Hindu bersama-sama membuat sajen (Ngayah) di Pura Aditya Jaya, Jakarta, Senin (4/3). Ngayah merupakan tradisi yang dilakukan gotong-royong oleh kaum perempuan Hindu dalam membuat sajen untuk persiapan sembahyang  Nyepi. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Meski begitu, para operator diminta untuk tetap menjaga kualitas layanan akses internet untuk obyek-obyek vital serta layanan kepentingan umum lainnya yang menurut sifatnya harus tetap berlangsung.

"Agar masyarakat dan penyelenggara jasa telekomunikasi melakukan langkah-langkah untuk menghindari dan/atau menangkal hoaks dan konten negatif," kata Kemkominfo.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Kecelakaan Mobil karena Sopir Mengantuk

Posted: 04 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah mobil mengalami kecelakaan di jalan tol China. Sopir diketahui mengantuk saat tengah mengangkut penumpang di mobilnya. Begini detik-detik terjadinya kecelakaan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Tinjau Lokasi Foto Mandi Lumpur di Sumsel

Posted: 04 Mar 2019 09:29 PM PST

Liputan6.com, Palembang - Viral foto mandi lumpur di jalan rusak di dua kabupaten di Sumatera Selatan (Sumsel) menarik perhatian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perusahaan Rakyat (PUPR).

Direktur Preservasi Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga Atianto Busono didampingi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional V Ki Agus Syaiful Anwar, meninjau lokasi foto mandi lumpur di Jalan Batumarta Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel.

Usai melihat kondisi jalan rusak, Pejabat Kementerian PUPR menilai infrastruktur jalan ini memang rusak parah. Kawasan ini seharusnya dikelola dan diperbaiki oleh pemerintah daerah (pemda) setempat.

Menurut Direktur Preservasi Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga Atianto Busono, ada dana khusus yang dikucurkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU untuk perbaikan jalan ini.

"Memang ada dananya tapi masih tahap lelang. Sembari menunggu lelang selesai, kita akan bantu bagaimana membuat jalan ini berfungsi dulu, kita gunakan paket perbaikan jalan," ujarnya, Senin, 4 Maret 2019.

Kondisi di kawasan Batumarta Kabupaten OKU Sumsel ini memang banyak berlubang. Apalagi jika musim penghujan, akan mudah tergenang air bah dan memicu banyaknya kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Usai meninjau jalan rusak tersebut, Kementerian PUPR langsung menginstruksikan perbaikan jalan, salah satunya dengan melapisi lubang jalan dengan aspal.

"Hari ini sudah dilaksanakan perbaikan, mungkin butuh waktu satu bulan. Nanti diteruskan oleh pemda, intinya kita membantu dulu di sini," ungkapnya.

Dia mengakui, kubangan air di jalan rusak ini karena air hujan tersebut tidak bisa mengalir dan memperparah kerusakan jalan. Terlebih banyak kendaraan berat yang melintas di jalan Provinsi Sumsel ini. Kementerian PUPR akan terus mendampingi perbaikan jalan ini.

 

Respon Warganet

Jalan yang licin menyulitkan pengendara sepeda motor di kawasan Batumarta Kabupaten OKU Sumsel (Dok. Humas Kementrian PUPR / Nefri Inge)

Unggahan foto mandi lumpur awalnya diprakarsai oleh fotografer Robby Ari Sanjaya di akun Instagram @as_robby. Ide foto kreatifnya ini banyak mengundang decak kagum dari warganet Instagram lainnya.

Ada beberapa foto yang diabadikan Robby Ari Sanjaya, di mana para model berusaha lari dari kubangan air lumpur karena ada truk barang yang akan lewat.

"Truk itu beneran kita tungguin. Truk pertama, foto kayaknya masih gak pas. Truk kedua datang, pas lihat fotonya masih juga ada yang kurang. Truk ke tiga, truknya gak lewat-lewat udah ditungguin 15 menit akhirnya kita pindah lokasi," tulisnya.

Salah satu warganet dengan akun @yunivandera mengungkapkan, cara Robby Ari Sanjaya untuk mengkritik pemerintah sangat efektif.

"Setelah ini viral, baru deh pemerintah bertindak. Media sosial emang senjata ampuh untuk melumpuhkan pemerintah," komentar akun Instagram ini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Kaki Bengkak saat Hamil dan 8 Cara Mengatasinya

Posted: 04 Mar 2019 09:24 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menunggu kelahiran buah hati menjadi salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi seorang ibu. Maka, sebagai seorang ibu pasti sangat menjaga kandungannya agar buah hati nantinya terlahir sehat

Sayangnya, wanita yang sedang hamil sering mengalami keluhan yang tak mengenakkan. Mulai dari sulit tidur, sering sesak, nyeri di sekitar pinggang, dan tak jarang kaki bengkak. Kaki bengkak tentu membuat calon ibu merasa tidak nyaman saat beraktifitas.

Kondisi yang disebut sebagai edema ini biasanya mempengaruhi sekitar tiga perempat wanita hamil. Lantas, apa penyebab kaki bengkak saat hamil? Apakah kaki bengkak saat hamil berbahaya?

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (5/3/2019) penyebab kaki bengkak saat hamil. 

Penyebab kaki bengkak saat hamil

Pada perempuan yang hamil, kaki bengkak memang sering menjadi muncul pada akhir trimester kedua atau awal trimester tiga. Sekitar 75% perempuan hamil mengalami keluhan ini, dari tingkat yang ringan hingga berat.

Banyak faktor yang mempengaruhi pembengkakan kaki dan pergelangan kaki saat hamil. Tubuh memproduksi dan menahan cairan dalam tubuh lebih banyak saat kehamilan. Selain itu, rahim yang bertambah besar menekan pembuluh darah sehingga mengganggu aliran darah balik ke jantung.

Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan pada tungkai, pergelangan kaki, dan kaki. Perubahan hormon juga dapat berperan dalam penyebab kaki bengkak saat hamil

Penyebab kaki bengkak saat hamil atau edema terjadi ketika cairan tubuh meningkat, baik peningkatan volume darah maupun cairan antar sel. 

Hal ini dipengaruhi oleh meningkatnya aliran darah dan tekanan rahim yang tumbuh di pembuluh darah pelvis dan vena cava.

Pembengkakan ringan yang hanya terjadi di kaki dapat membaik dengan istirahat, tidak perlu Anda khawatirkan. Gejala ini masih dapat dianggap normal.

Kapan harus ke dokter?

Meskipun kaki bengkak saat hamil masih dianggap normal. Namun, terdapat beberapa kondisi terkait bengkak saat hamil yang mengharuskan untuk segera berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Beberapa kondisi dianatranya sebagai berikut:  

Pembengkakan tiba-tiba

Meskipun bagian paling bawah dari tubuh adalah bagian yang paling sering terkena pembengkakan akan tetapi tidak tertutup kemungkinan terjadi pembengkakan di daerah tangan bahkan muka. 

Segera hubungi dokter jika tangan atau wajah Anda menjadi bengkak, dan pembengkakan berlangsung lebih dari satu hari yang tidak kunjung membaik dalam semalam.

Pada kasus-kasus dengan pembengkakan yang berat seperti ini, berkonsultasilah dengan dokter untuk menyingkirkan kemungkinan penyebab selain retensi cairan, misalnya peningkatan kadar protein darah.

Pasalnya, pembengkakan yang berlebihan bisa menjadi salah satu tanda preeklampsia. Preeklamsia adalah sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ, misalnya kerusakan ginjal yang ditunjukkan dengan tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).

Preeklamsia yang tidak disadari oleh sang ibu hamil bisa berkembang menjadi eklamsia, kondisi medis serius yang mengancam keselamatan ibu hamil dan janin di dalam kandungannya. Hal ini juga bisa ditandai dengan penambahan berat badan cepat. Namun, jika tekanan darah dan urine Anda normal, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Bengkak di salah satu kaki

Bengkak di salah satu kaki  merupakan tanda terjadinya pembekuan darah. Bila gumpalan darah menyebar sampai ke organ-organ vital, seperti jantung, otak, atau paru-paru, maka kondisi ini bisa mengancam nyawa sang ibu hamil dan janin yang ada didalam kandungannya.

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil

Oleh karena itu sebagai calon Ibu, Anda perlu waspada terhadap kaki bengkak saat masa kehamilan. Tetapi, tidak perlu khawatir, Anda dapat melakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi penyebab kaki bengkak saat hamil. Berikut caranya

1. Hindari berdiri terlalu lama dan menyilangkan tungkai. Bila memungkinkan, duduk dengan posisi mengangkat kaki dan secara teratur putar pergelangan kaki. Ibu juga dapat duduk di bawah dan mempertahankan tungkai pada posisi lebih tinggi.

2. Berbaring miring ke kiri. Dalam posisi ini, tekanan pada vena cava inferior, yaitu pembuluh darah besar yang dilewati darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, berkurang. Anda bisa meletakkan  bantal di bawah tungkai untuk menjaga posisinya lebih tinggi.

3. Gunakan compression stocking.

4. Minum air mineral dalam jumlah cukup, yaitu 10 gelas atau setara dengan 2,3 liter per hari selama kehamilan.

5. Lakukan aktivitas fisik yang rutin seperti berjalan mengeliling lingkungan rumah, bersepeda, atau berenang.

6. Rendam kaki dalam air.

7. Kompres dingin pada daerah yang bengkak.

8. Pijat kaki secara teratur.

Nah, di atas adalah penyebab kaki bengkak saat hamil dan cara untuk mengatasinya. Ingat, segera kunjungi dokter bila terjadi pembengkakan yang sangat berat atau tiba-tiba atau hanya pada satu tungkai. Semoga sehat selalu ya calon ibu!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangis Petani Kubis di Lereng Bromo, Harga Anjlok saat Panen Raya

Posted: 04 Mar 2019 09:23 PM PST

Liputan6.com, Probolinggo - Petani sayur Kubis (Kol) di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Probolinggo, gundah gulana. Pasalnya, harga sayuran yang mereka tanam anjok. Karena putus aja, para petani hanya membiarkan kubis siap panen dengan kualitas terbaik membusuk.

Di musim penghujan ini, petani kubis seharusnya berpesta menikmati panen raya. Namun, apa daya, harga kubis yang mereka tanam dan rawat hanya Rp 300 per kilogram (kg). Seperti yang dialami oleh petani kubis di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo.

Harganya yang anjlok membuat petani tak bergairah untuk memanen. Bahkan sekedar beraktifitas di ladang pun mereka enggan. Petani sayur kol, memilih untuk tidak memanen sayur kol yang seharusnya sudah bisa dipanen. Hal itu karena harga sangat murah dan merugikan petani.

"Ini lahan dan tanaman kol milik saya sendiri, ditawar Rp 400 per kg. Tapi sampai sekarang malah tidak laku-laku. Akhirnya ya saya biarkan saja, sampai membusuk dan menjadi rabuk (pupuk kompos)," tutur Samsudin, salah satu petani sayur kol, Selasa (5/3/2019).

Udin menuturkan dirinya dan petani lainnya, enggan memanen kubis karena harga jualnya tak sesuai dengan ongkos produksi. Sebab, biaya operasional untuk mengolah lahan seluas 1,5 hektare berkisar antara Rp 17 juta. Sementara saat ini, sayur kol dari petani, harganya hanya Rp 300 per kg hingga Rp 400 per kg.

Padahal, harga normalnya bisa mencapai seribu rupiah per kilogram. Dengan harga normal sekitar seribu rupiah, petani bisa mendapatkan hasil kotor antara 30 sampai 35 juta rupiah. Artinya, hasil bersih petani bisa mencapai 12 hingga 13 juta rupiah.

"Namun saat ini, bukannya untung, petani malah merugi. Karena murahnya harga jual sayur kol," ungkap Udin.

 

Kebalikan

Kubis adalah sayuran yang mudah ditemui di Indonesia. Jenis sayuran ini mengandung belerang di dalamnya, yang penting untuk mengurai bahan kimia dari dalam tubuh, seperti pestisida hingga obat yang dikonsumsi ketika sakit. (AFP PHOTO / HOANG DINH NAM)

Keadaan ini, sangat ironis jika dibandingkan dengan petani di Pulau Sumatera. Dimana beberapa waktu lalu, sayur kol milik petani di Provinsi Sumatera Utara bisa menembus pasar ekspor. Yakni mengeksport sayur kol sampai ke beberapa negara asia. Mulai dari negara tetangga Malaysia sampai ke Jepang.

"Atas keadaan ini, petani berharap ada langkah kebijakan pemerintah. Sebab mayoritas petani sayur kol, menggunakan modal pinjaman. Kami berharap harga bisa kembali normal, petani di Probolinggo tidak merugi dan kembali sejahtera," timpal Sanewar, petani lainnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Real Madrid Tak Kendor Hadapi Ajax Amsterdam di Bernabeu

Posted: 04 Mar 2019 09:20 PM PST

Pemain Real Madrid Marcelo (kanan) bersama rekan-rekannya berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Real Madrid sudah unggul agregat 2-1 atas Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain Real Madrid Marcelo (kanan) bersama rekan-rekannya berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Real Madrid sudah unggul agregat 2-1 atas Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pelatih Real Madrid Santiago Solari memegang bola saat memimpin latihan di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Solari meminta anak asuhnya tidak bersantai saat menghadapi Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pelatih Real Madrid Santiago Solari memegang bola saat memimpin latihan di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Solari meminta anak asuhnya tidak bersantai saat menghadapi Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain Real Madrid Dani Carvajal mengontrol bola saat berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Real Madrid akan menjamu Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain Real Madrid Dani Carvajal mengontrol bola saat berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Real Madrid akan menjamu Ajax Amsterdam pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain Real Madrid Marcelo (kanan) mengontrol bola saat berlatih bersama rekan-rekannya di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Real Madrid sudah unggul agregat 2-1 atas Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Pemain Real Madrid Marcelo (kanan) mengontrol bola saat berlatih bersama rekan-rekannya di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Real Madrid sudah unggul agregat 2-1 atas Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Suasana saat para pemain Real Madrid berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Pelatih Real Madrid Santiago Solari meminta anak asuhnya tidak bersantai saat menghadapi Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

Suasana saat para pemain Real Madrid berlatih di kompleks latihan Valdebebas, Madrid, Spanyol, Senin (4/3). Pelatih Real Madrid Santiago Solari meminta anak asuhnya tidak bersantai saat menghadapi Ajax Amsterdam. (AP Photo/Manu Fernandez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenang Luke Perry, Lawan Main di Beverly Hills 90210: Dialah Dylan-ku...

Posted: 04 Mar 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Los Angeles - Shannen Doherty, adalah salah satu orang yang paling terpukul dengan kabar kematian Luke Perry pada Senin (4/3/2019).

Pasalnya, keduanya adalah bintang yang ngetop dalam serial populer Bevery Hills 90210. Shannen Doherty memerankan karakter Brenda, sementara Luke Perry memainkan tokoh Dylan, yang sempat berpacaran dengan Brenda.

Meski Beverly Hills 90210 sudah hampir dua dekade tamat, hubungan aktor dan aktris ini tetap dekat. Shannen Doherty bahkan menuliskan ungkapan dukacita yang panjang untuk sahabatnya ini.

"Kalau kamu melakukan perjalanan seperti yang kami lakukan di 90210 dan juga di kehidupan nyata, ada rasa sayang yang begitu istimewa antara satu sama lain," tutur Shannen Doherty dalam keterangan resminya, seperti dilansir dari Entertainment Tonight. 

Wanita 47 tahun ini juga mengatakan ia akan selalu merindukan Luke Perry.

Ingin Menangis

Shannen Doherty (Instagram/ theshando - https://www.instagram.com/p/BneyeLihwF0/)

Sehari sebelum kematian Luke Perry, Shannen Doherty sempat diwawancarai media. Kala itu, sang aktor masih terbaring tak berdaya setelah terserang stroke.

Shannen Doherty mengaku begitu sedih dan sulit berkata-kata mengenai kondisi Luke Perry. Ia bahkan mengaku ingin menangis saat mengingat sahabatnya ini. 

"Aku mencintainya dan dia tahu aku mencintainya, dan aku masih menjalin komunikasi dengannya...Dia Luke, Dialah Dylan-ku," tuturnya.

Dikelilingi Keluarga

Luke Perry (AP Photo/Leslie Hassler, File)

Seperti diberitakan sebelumnya, Luke Perry meninggal dunia pada usia 52 tahun. Dilansir dari CNN, Selasa (5/3/2019), ia mengembuskan napas terakhir setelah mengalami stroke.

Hal ini dikabarkan langsung oleh publisis Luke Perry, Arnold Robinson. Luke Perry disebutkan meninggal dunia dengan dikelilingi keluarganya, mulai dari anak, tunangan, ayah, ibu, hingga sang mantan istri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Atambua, Kemenpar Juga Goncang Border Malaka

Posted: 04 Mar 2019 09:19 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Seluruh border area di Nusa Tenggara Timur, tidak luput dari pantauan Kementerian Pariwisata. Selain Konser Musik Perbatasan Atambua, Kemenpar juga bakal membuat heboh Malaka.

Event yang disiapkan adalah Konser Musik Malaka (KMM) 2019. Event ini akan dihelat 28-29 Maret. Bintang tamu yang akan dihadirkan adalah Maria Vitoria (Timor Leste) dan Bondan Prakoso (Indonesia). Konser Musik Malaka 2019 akan digelar di Lapangan Paroki Kamanasa (Misi), Kota Betun, Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani mengungkapkan, kemeriahan Konser Musik Malaka tidak akan kalah heboh dari Atambua.

"Perbatasan Indonesia dan Timor Leste di NTT akan ramai di bulan Maret ini. Setelah Atambua, kemeriahan akan kita ciptakan juga di Malaka. Kami tetap hadirkan musisi dari Timor Leste dan Indonesia sekaligus. Yang dipilih tentu nama besar," ungkap Ricky, Senin (4/3).

Dijelaskan Ricky, pemilihan musisi tidak sembarangan. Maria Vitoria adalah musisi Timor Leste paling dinanti di crossborder. Hal tersebut mengacu hasil survei online Kemenpar. Maria menjadi penyanyi paling dinanti.

"Maria Vitoria sangat populer. Popularitasnya sangat tinggi di Timor Leste. Kami yakin, kehadirannya semakin menaikan arus kunjungan wisatawan border. Maria Vitoria ini memiliki hasil survei online yang tinggi," terang Ricky lagi.

Popularitas Maria Vitoria tidak lepas dari kualitas dan prestasinya. Maria sukses menjadi juara The Voice Portugal 2018. Skill bernyanyinya juga membawanya bertahan hingga babak 4 besar Dangdut Academy Asia 2. "Maria figur luar biasa. Pesona dan karakternya kuat. Kehadiran Maria Vitoria dan Bondan Prakoso akan menjadi formulasi terbaik," tegas Ricky.

Bagaimana dengan Bondan Prakoso? Bondan menjadi kejutan sekaligus kado terbaik yang diberikan Kemenpar. Kualitas skill bermusiknya sudah diketahui sejak belia. Nama Bondan sudah melejit di usia 5 tahun dengan lagu 'Si Lumba-Lumba' yang nge-hits 1989. Beranjak remaja, Bondan dikenal sebagai seorang pemain bass.

Ia sempat bergabung dalam band Funky Kopral. Namun, Bondan memilih bersolo karier. Ia kemudian menggandeng grup rap Fade 2 Black. Kolaborasi Bondan feat Fade 2 Black, menghasilkan sejumlah lagu top. Seperti Ya Sudahlah, Kita Untuk Selamanya, Keroncong Protol, Rhyme in Peace, Bunga, dan masih banyak lagi.

"Bondan Prakoso membentuk karier yang panjang di blantika musik tanah air. Sebab, sejak kecil sudah berkarya. Produktivitasnya berlanjut hingga saat ini. Nama Bondan Prakoso juga familiar di Timor Leste. Bondan dan Maria akan membuat Konser Musik Malaka menjadi luar biasa," kata Ricky lagi.

Kunjungan wisatawan Timor Leste memang layak diperhitungkan. Tahun 2018 jumlah kunjungannya naik 83,55% dari tahun sebelumnya. Angka rillnya 1,76 Juta orang, sedangkan pada 2017 hanya 960.026 wisatawan.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, Timor Leste menjadi pasar potensial untuk menaikan kunjungan wisman. Kehadiran wisatawan Timor Leste juga menjadi angin segar bagi perekonomian. Selain jumlah kunjungan besar, kemampuan spending wisatawan Tiles berada di angka USD187,71 per trip. Rata-rata lama tinggalnya sekitar 5,99 hari.

"Potensi pasar Timor Leste ini sangat besar. Lonjakan kenaikan jumlah wisman hingga 83,55% tentu luar biasa. Profil seperti ini harus dirawat, meski masih bisa terus dioptimalkan. Untuk itu, formulasi konten terbaik selalu diberikan di sana. Dengan event seperti KMM 2019 ini, arus wisatawan Timor Leste akan terus naik," tutup Menpar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Aman Naik Ojek Online untuk Para Wanita

Posted: 04 Mar 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kemacetan di jalan raya membuat layanan tranportasi online, khususnya ojek online, menjadi pilihan favorit masyarakat. Sayangnya, peningkatan penggunaan ojek online ini juga diimbangi dengan semakin maraknya kriminalitas di jalan raya.

Sudah cukup banyak kasus kejahatan yang menimpa penumpang ojek online. Contohnya, kasus pencurian ponsel terhadap penumpang wanita di daerah Jakarta Pusat. Orang tidak dikenal yang mengendarai sepeda motor lain tiba-tiba merampas ponsel wanita tersebut dan karena sang korban berusaha melawan, ia akhirnya terjatuh dan meninggal. Masih banyak kasus begal lainnya yang kerap menimpa penumpang ojek online.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya para wanita yang setia menggunakan ojek online mengetahui tips-tips aman naik ojek berkut ini. Simak, yuk!

1. Gunakan pakaian tertutup

Apabila sudah berencana pergi naik ojek online, sebaiknya dari awal Anda menggunakan pakaian yang tertutup. Lebih baik lagi kalau Anda menggunakan jaket. Hal ini untuk menghindari godaan dari para lelaki iseng. Selain itu, pakaian tertutup juga membuat Anda aman dari angin dingin atau sinar UV berlebih.

2. Letakkan tas di bagian depan

Meletakkan tas di bagian belakang atau samping saat bonceng motor sangat berbahaya. Pasalnya, orang yang memiliki niat jahat dapat dengan mudah menarik tas dan membuat Anda terjatuh. Supaya lebih aman, letakkan tas di bagian depan tubuh. Jadi, tas berada di antara tubuh Anda dan pengemudi. Hal ini akan membuat perampok lebih sulit mengambil barang Anda.

3. Jangan mengeluarkan ponsel

Saat bengong di atas ojek online, godaan untuk bermain ponsel memang sangat besar. Apalagi, kalau mendengar ringtone khusus dari pacar berbunyi. Namun, sebisa mungkin jangan bermain ponsel di atas motor ya. Ponsel Anda dapat mengundang perhatian orang yang punya niatan jahat. Lebih baik, sebelum naik ojek, Anda memberi kabar kepada keluarga atau pacar supaya tidak menghubungi Anda terlebih dahulu.

4. Pilih platform ojek online yang aman

Sering kali tindakan kriminal juga dilakukan oleh sang pengemudi ojek itu sendiri. Karena itu, sebaiknya Anda memilih platform ojek online yang sudah terjamin kredibilitasnya. Salah satu ojek online yang sudah terjamin keamanannya adalah Grab Ride.

Grab menjamin penuh keselamatan penggunanya. Semua pengemudi sudah terdaftar di perusahaan Grab. Ketika ada kejadian yang tidak mengenakkan, Anda bisa langsung melaporkannya dan Grab akan segera menindak tegas pengemudi yang tidak bertanggungjawab. Grab juga siap mengganti kerugian Anda.

Berkat keamanannya tersebut, Grab sudah mendapat kepercayaan dari banyak orang. President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan bahwa hingga 2018, aplikasi Grab telah diunduh 130 juta konsumen dan terdapat di 336 kota, termasuk 222 kota di Indonesia. Kini, Grab pun telah menjadi perusahaan decacorn.

Saat ini, valuasi Grab sudah mencapai 11 miliar dolar AS atau Rp 155 triliun. Grab sebagai Super App terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka kami, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Yuk, perhatikan keselamatan diri Anda saat berkendara dengan ojek online!

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Ingin DPRD Segera Proses Cawagub DKI

Posted: 04 Mar 2019 09:16 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Anies Baswedan berharap anggota DPRD DKI Jakarta segera melaksanakan proses pemilihan wakil gubernur. Apalagi dua nama yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu telah diserahkan kepada Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi.

"Bahwa sudah kita terima (surat nama cawagub) dan kita teruskan. Dan berharap dewan bisa segera memproses sesuai ketentuan," kata Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Kendati begitu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut tidak dapat memprediksikan berapa lama proses pemilihan wagub pengganti Sandiaga Uno akan selesai.

"Yang bisa menentukan adalah dewan karena penjadwalan dan lain-lain ada di dewan," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengaku telah menerima dua nama usulan calon wakil gubernur DKI pengganti Sandiaga Uno. Dia menyebut terdapat beberapa proses setelah nama Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu diserahkan ke DPRD.

Prasetio mengatakan pihaknya akan meneruskan ke Badan Musyawarah (Bamus) untuk menjadwalkan paripurna dan Panitia Khusus (Pansus) guna membuat tata tertip teknis pemilihan wagub DKI.

"Melalui surat ini saya akan meneruskan ke Bamus untuk diagendakan ke dalam paripurna nanti," kata Prasetio di kantor DPRD DKI Jakarta, Senin (4/3/2019).

Diputuskan Lewat Voting

Politisi PDI Perjuangan menyatakan dalam surat usulan tersebut telah ditandatangani oleh pimpinan partai pengusung yakni Partai Gerindra dan PKS tingkat daerah ataupun pusat.

Prasetio menyatakan dalam teknis pemilihan wagub tersebut akan dilakukan secara voting dengan syarat kuorum 2/3 dari jumlah anggota dewan yang hadir.

Kendati begitu, dia menyebut dengan syarat kuorum dapat kedua cawagub dapat kemungkinan tidak terpilih. Karena hal itu, Prasetio menyarankan agar partai pengusung dapat melakukan sowan ke berbagai fraksi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fadli Zon Yakin Kasus Andi Arief Tak Pengaruhi Elektabilitas Prabowo-Sandi

Posted: 04 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Dewan Pengarah Badan Pememangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, Fadli Zon menilai, kasus penangkapan anggotanya yang juga kader Partai Demokrat Andi Arief, tidak akan mempengaruhi elektabilitas pasangan tersebut. Sebab, kata dia, kasus semacam itu biasa menimpa pada siapa saja.

"Saya kira enggak. Itu melanda semua kok, ada di semua lini, ada di elite, ada di partai-partai politik, mungkin hampir semua partai politik ada. Jadi jangan di politisasi yang seperti ini, mempercik ke muka sendiri nanti," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Menurut dia, kasus Andi Arief tersebut bersifat sangat individual. Sehingga tidak akan berpengaruh besar pada elektabilitas.

"Pasti semua partai melarang. Pasti itu. Enggak ada yang menganjurkan. Jadi jangan melihat ini sebagai bagian dari blok politik, saya kira enggak ada hubungan," ujar Fadli.

Terkait dengan korelasi antara kasus Andi dengan elektabilitas Partai Demokrat Fadli juga beranggapan sama. Dia meminta semua pihak memisahkan kasus ini dengan Partai Demokrat. Pasalnya kasus tersebut adalah masalah pribadi Andi Arief.

"Saya kira harus dipisahkan dari partai dari politik dan dari agama suku ras, persoalan kita bersama, narkoba ini harus kita berantas bersama," ucapnya.

 

Penangkapan Andi Arief

Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief ditangkap di salah satu kamar di Hotel Peninsula, Jakarta Barat, Minggu 3 Maret 2019. Dia ditangkap dengan dugaan penggunaan narkotika jenis sabu.

"Memang benar, hari Minggu kemarin (3 Februari 2019), pukul 18.30 WIB, di salah satu kamar Hotel Peninsula, Jakarta Barat, petugas kami mendapat informasi dari masyarakat adanya pengguna narkoba," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Berdasarkan pemeriksaan kemarin, polisi menyebut politikus Demokrat itu sementara ini masih berstatus sebagai pengguna.

"Diduga kuat sodara AA hanya pengguna," kata Iqbal.

Namun, lanjut dia, polisi masih memeriksa Andi Arief. Polisi juga sedang meminta keterangan sejumlah saksi.

"Proses scientific akan dirampungkan secepatnya," ujar Iqbal.

Menurut dia, polisi menyita sejumlah barang bukti pada penangkapan itu. Barang bukti ini pun digunakan untuk melengkapi penyelidikan kasus ini.

 

Reporter: Sania Mashabi

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

27 Kata-Kata Lucu dan Kocak yang Bisa Bikin Tertawa Lepas

Posted: 04 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kamu sedang bosan, bad mood atau bahkan stres dengan aktivitas yang dijalani? Mungkin kamu butuh sedikit hiburan untuk menghilangkan perasan tersebut. Salah satu cara untuk menghilangkan jenuh bisa dengan membaca kata kata lucu dan kocak. 

Kata-kata lucu dan kocak terkadang diperlukan untuk membuat hidup menjadi lebih indah.

Kebanyakan orang mencari deretan kata-kata lucu dan kocak yang penuh humor sebagai suntikan semangat sekaligus hiburan.

Kata kata lucu dan kocak ini bisa membuat canda dan tawa kembali dan bisa melepaskan sejenak semua permasalahan hidup. Membagikan kata kata lucu dan kocak biasanya dilakukan dengan spontanitas atau bahkan terinspirasi oleh suatu hal. Katakata lucu dan kocak ternyata memiliki banyak manfaat lho, tentunya selain untuk menghibur diri sendiri.

Membuat sesorang tertawa juga bisa diartikan sebagai penghilang stres. Membuat kata kata lucu dan kocak ini juga bisa dilakukan apabila kamu ingin mencurahkan isi hati tapi dengan cara berbeda agar tak terkesan menyedihkan.

Kata kata lucu ini juga bisa kamu aplikasikan atau kirimkan pada media sosial lain sebagai penghibur. Berikut liputan6.com rangkum kata kata lucu dan kocak dan bisa bikin ngakak yang bisa menghilangkan sedangkan stress dan beban pikiran, Selasa (5/3/2019).

Rela jadi lilin nih.

1. Aku rela menjadi lilin dalam hati kamu asal kamu yang jagain lilinya, yahhh!

2. Ketemuan di twitter, jadian di Fb, pacaran di BBM, putus di WA, Itu pacaran aja olshop.

3. Sayang jangan sakit, kalo kamu sakit, trusss yang nyakitin aku siapa? Jleb

4. Penyesalan itu datangnya di akhir, karena jika datang di awal maka itu namanya pendaftaran.

5. Dalam pantat yang sehat, terdapat kentut yang kuat.

6. Di belakang setiap pria sukses ada seorang wanita hebat. Di belakang setiap pria yang tidak sukses ada 2 wanita. Nah!!

7. Saat itu..Saat pertama kita bertemu...Kita duduk bersebrangan... Ku perhatikan kamu menghampiriku & mengulurkan tanganmu... "minta sedekahnya bang".

8. *kuis* Hallo dengan siapa dimana? | Amir di Tasikmalaya | Oke, pak Amir mau uang 2 juta? | Mauuu | Silahkan kerja pak Amir!! | !@#*($&

Ingat ya, hidup di dunia hanya sebentar saja lho.

9. Inget. hidup di dunia hanya sebentar. maka dari itu carilah pacar sebanyak-banyaknya.

10. Jangan mau menikah dengan pria biasa tapi menikahlah dengan pria berUANG.

11. 3 hal yang membuat orang tidak suka: Otak kosong , omong kosong dan dompet kosong.

12. Hewan qurban aja dikorbanin lehernya ga sampai putus. Masa hubungan kita udah banyak berkorban akhirnya tetap putus.

13. Selama janur kuning belum melengkung, aku akan tetap mengejar cintamu. tapi kalo udah melengkung, bakal aku setrika lagi biar lurus.

14. Jika ada orang yang menghina kamu, jangan terburu-buru menyangkal pernyataan mereka. Sepertinya mereka benar.

15. Kalo ada yang nyariin gua bilangin sama dia #cari aja di GOOGLE!

16. Ada yang bilang kalo manusia tak dapat hidup tanpa cinta, padahal kan tak bisa hidup tanpa oksigen.

17. Akrab Dengan Orang Jawa, Bruno Mars Ganti Nama Menjadi "Mas Bruno".

18. Jangan mentang-mentang kamu anak Gaul. Pas dikejar anjing bukannya lari malah bilang "terus Gue harus kabur sambil bilang wow gitu?

Pas capek pas ada yang mijitin

19. Pas lagi capek selalu ada temen buat mijitin, pas lagi kangen selalu ada pacar yang nyamperin, pas lagi bokek..!! malah pada nagih UTANG.

20. Kan ku biarkan semua ini terjadi, kan ku biarkan semua ini berlalu, tapi aku ngga akan pernah ngelupain kamu, karna utanngmu belum lunas sampe sekarang.

21. Berulang tahun itu memang selalu dinanti dan rasanya begitu indah. Tetapi akan lebih indah lagi jika berulang kali ketemu sama kamu.

22. Apabila kamu ingin hidup bahagia, maka menikahlah sama pria yang punya wibawa. Wiiii-bawa mobil… Wiiii-bawa duit banyak.

23. Jangan pernah kamu menyalahkan diri kamu sendiri jika kamu itu jelek. Tapi protes dan salahkanlah orang tua kamu, karena kejelekan itu adalah keturunan.

24. Menahan tawa itu sangat tidak sehat, gelak tawa itu akan terus turun kebawah dan dapat membasahi celana.

25. Sebenarnya ane udah bosan hidup atas di dunia ini, tapi kalau masuk neraka lagi ntar ketemu lagi sama ente-ente semua.

26. Pemerintah akan segera mengganti warna tabung gas 3kg jadi kuning, kelabu, merah muda atau biru, karena warna hijau pasti meledak menurut tukang balon.

27. Sejak mengenalmu aku susah melupakanmu, tiap malam kau hadir dlm mimpi-mimpi ku, dan membuatku mengigau… AKHIRNYA AKU SADAR KAU…..DASAR SETAN… SETAN.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinyal Positif Kehadiran Penantang NMax dan PCX dari Suzuki Indonesia

Posted: 04 Mar 2019 09:12 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar hadirnya skutik bertubuh bongsor dengan mesin 150 cc milik Suzuki telah cukup lama menjadi perbincangan pecinta otomotif Tanah Air.

Meski demikian kemunculan Burgman 150 enggan diungkapkan secara gamblang oleh PT Suzuki Indomobil Sales divisi roda dua.

"Bicara matic premium menarik. Market-nya dari tahun ke tahun naik. Kita melihatnya ada shifting class, dari 150 cc ke 180 cc, dari 180 cc ke 250 cc. Ini akan menarik buat kita. Kita tidak menutup mata. Kalau itu baik, kenapa tidak?," ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT Suzuki Indomobil Sales di Kemayoran, Jakarta.

Saat disinggung kapan pesaing Yamaha NMax dan Honda PCX akan hadir di Indonesia, sinyal positif pun diberikan pabrikan otomotif berlambang huruf S tersebut.

"Pada saat kita meluncurkan GSX 150 dan Nex II, tidak ada yang menyangka kita meluncurkan itu. Kalau ditanya kapan peluncuran matic 150, tunggu tanggal mainnya. Kita akan coba masuk ke situ (matic 150 cc)," kata Yohan.

 

Resmi Mengaspal, Suzuki Burgman Street 125 Cuma Rp 14 Jutaan

Suzuki resmi meluncurkan penantang dari Yamaha Lexi dan Honda Vario, Burgman Street 125. Namun, peluncuran ini tidak untuk pasar roda dua Tanah Air, namun untuk India dengan banderol Rs 68.000 atau setara dengan Rp 14 jutaan.

Melansir Rushlane, Suzuki Burgman Street 125 ini terinspirasi dari versi 650cc. Untuk spesifikasinya, skutik bongsor tersebut mendapatkan lampu utama LED dengan tempat penyimpanan yang cukup besar.

Selain itu, motor dari pabrikan berlambang huruf 'S' ini juga memiliki slot kunci multifungsi, soket pengisian daya 12V dan skuter Suzuki pertama yang memiliki panel instrumen tengah digital.

Berbicara dimensi, motor ini memiliki panjang 1.880 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1.140 mm, dengan ground clearance 160 mm dan berat 110 kg. Sementara untuk jarak sumbu roda, motor ini memiliki ukuran 1.265 mm, dengan kapasitas tangki bensin hingga 5,6 liter.

Sebagai motor yang diposisikan di kelas premium, Suzuki Burgman Street 125 mendapatkan jok yang nyaman, dengan roda 12 inch pelek alloy di bagian depan dan 10 inci untuk bagian belakang dengan ban tubeless.

Di sektor dapur pacu, Suzuki menyematkan mesin satu silinder SOHC yang berkapasitas 124,3 cc. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga 8,5 Tk dengan torsi 10,2 Nm.

Dengan unit tersebut, motor ini memiliki rata-rata efisiensi bahan bakar 45-50 km/liter.  

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kini 4 Kelurahan di Probolinggo Teraliri Jaringan Gas

Posted: 04 Mar 2019 09:08 PM PST

Liputan6.com, Probolinggo - Empat kelurahan di Probolinggo, Jawa Timur teraliri jaringan gas bumi. Jaringan gas bumi tersebut sebanyak 5.088 sambungan rumah (SR) yang dibangun pemerintah dengan dana APBN pada 2018.

Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sukandar bersama Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dan Direktur Komersial PT PGN (Persero) Tbk Danny Praditya meresmikan Jaringan Gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) di  Probolinggo, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019). 

Sukandar menuturkan, Jargas Probolinggo dibangun di empat kelurahan yaitu Kelurahan Wiroborang, Jati, Mangunharjo serta Mayangan.

Pasokan gasnya berasal dari PT Husky CNOOC Madura Limited (HCML) dengan jumlah voIume alokasi gas sebesar 0,2 mmscfd. Pengaliran gas oleh HCML diperintahkan oleh SKK Migas. 

"Empat kelurahan ini teraliri jargas sebanyak 5.088 Sambungan Rumah atau SR, dibangun pemerintah dengan menggunakan dana APBN tahun 2018," tutur dia di Kantor Kelurahan Mangunharjo Jalan WR Supratman Kota Probolinggo.

Dia menuturkan, program pembangunan jargas merupakan salah satu program yang mendukung diversifikasi energi dan dilaksanakan untuk mengoptimalkan pemanfaatan potensi gas bumi melalui pipa bagi sektor rumah tangga.

Dengan menggunakan dana APBN, pengoperasian dan pengembangan jargas ditugaskan kepada BUMN. Untuk jargas Probolinggo, pengoperasiannya dilakukan oleh PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). 

"Pemerintah mengutamakan alokasi jargas untuk masyarakat dalam menyediakan bahan bakar untuk rumah tangga dan usaha kecil di mana alokasi gas domestik pada 2018 mencapai 61 persen," kata Sukandar.

Sukandar menyampaikan, sebagai langkah pendorong dan memasyarakatkan pemanfaatan gas bumi untuk sektor rumah tangga, pemerintah juga mendukung konversi dengan melaksanakan pembangunan infrastruktur penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui pipa.

"Pemanfaatan gas bumi melalui pipa untuk sektor rumah tangga, mendatangkan manfaat ekonomi cukup besar yaitu hingga Rp 90.000 per bulan," tutur dia.

Dia menjelaskan, keuntungan lain menggunakan gas bumi adalah mengurangi emisi gas buang yang akan membuat penurunan tingkat pencemaran lingkungan secara signifikan.

Gas bumi juga aman karena tekanan jaringan gas bumi lebih rendah dari tekanan LPG. Artinya, apabila ada kebocoran, gas langsung naik ke atas ke udara bebas. 

"Pakai gas bumi juga tidak repot karena tersedia 24 jam. Ibu-ibu tidak perlu takut kehabisan bahan bakar jika sedang memasak," ujar Sukandar. 

 

PGN Tingkatkan Layanan Gas bagi Sektor Industri pada 2019

Pekerja merawat jaringan pipa gas milik Perusahaan Gas Negara (PGN) di Jakarta, Rabu (21/9/2016). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sebelumnya, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan meningkatkan layanan gas untuk segmen industri pada 2019. Hal ini seiring dengan peran PGN sebagai sub holding gas dalam holding migas BUMN.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, pada 2018, PGN telah menyalurkan gas bumi ke 1.739 pelanggan industri manufaktur dan pembangkit listrik, 1.984 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Selain itu, juga terdapat 177.710 pelanggan rumah tangga yang dibangun dengan investasi PGN

Pelanggan gas bumi PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara dan Sorong, Papua Barat. 

Menurut Rachmat, pelayanan tersebut terus diarahkan agar masyarakat mendapatkan benefit maksimal. Apalagi efisiensi energi yang ditawarkan PGN akan memberi imbas domino bagi kegiatan ekonomi masyarakat. 

"Bagi kalangan industri, efisiensi sektor energi akan meningkatkan daya kompetitif, sedangkan bagi masyarakat akan meningkatkan daya beli yang semuanya bermuara kepada peningkatan ekonomi nasional," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin 25 Februari 2019.

Saat ini, PGN juga telah mengelola dan menyalurkan gas bumi untuk sektor transportasi melalui 10 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan 4 Mobile Refueling Unit (MRU).

Selain itu, untuk menunjang penyaluran serta kehandalan jaringan dan pasokan gas ke pelanggan, PGN juga mengoperasikan 2 Floating Storage Regasification Unit (FSRU) yakni di Jawa Barat dan Lampung. 

"Dari sisi volume, PGN menyalurkan gas bumi secara total sebesar 3.102 juta kaki kubik per hari (Mmscfd). Rinciannya, volume gas distribusi sebesar 963 Mmscfd dan volume transmisi gas bumi sebesar 2.139 Mmscfd," kata dia.‎

Di sisi lain, terdapat sejumlah proyek infrastruktur yang sedang digarap PGN, mulai dari proyek pipa gas transmisi Duri-Dumai sepanjang 67 km, termasuk pipa distribusi gas di Dumai sepanjang 56 km.

PGN juga sedang menggarap proyek pipa di Purwakarta-Subang dan Jargas Kota di Dumai, Karawang, Purwakarta, Cirebon, Bojonegoro, Lamongan, Pasuruan, Probolinggo, Kutai Kartanegara, Banggai, Aceh Utara, Palembang, Jambi, Depok, Bekasi, Kabupaten Mojokerto, Kota Mijokerto dan Kabupaten Wajo. 

"PGN terus berkomitmen membangun dan memperluas infrastruktur gas nasional, walau di tengah kondisi ekonomi yang belum membaik," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Andi Arief Terjerat Narkoba, Bagaimana Nasib Karier Politiknya?

Posted: 04 Mar 2019 09:07 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Andi Arief ditangkap polisi karena kedapatan menggunakan narkoba jenis sabu di sebuah hotel di Jakarta Barat, Minggu, 3 Maret 2019. Berdasarkan informasi masyarakat, polisi langsung melakukan penggerebekan terhadap mantan staf khusus kepresidenan itu.

Mendadak sontak kejadian tersebut langsung menjadi bahan perbincangan banyak pihak. Ketua Divisi Advokasi dan Hukum DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengaku terkejut dengan peristiwa yang menimpa koleganya. Dia serta partainya tak pernah tahu Andi Arief mengkonsumsi narkoba.

"Cukup mengagetkan bagi kami semua. Karena sepengetahuan kami, Saudara Andi Arief ini tidak pernah bersinggungan dan bermasalah dengan narkoba. Dan saudara Andi Arief merupakan kader partai yang memberikan dedikasi yang cukup besar kepada partai selama ini," ucapnya di Kantor DPP Demokrat, Jakarta, Senin, 4 Maret 2019.

Kasus ini pun tengah di dalami partrai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu sambil menunggu pemeriksaan polisi. Partai juga tengah melakukan koordinasi internal terkait posisi Andi Arief di Demokrat.

Tak Ada Kompromi

Kendati demikian, Ferdinand mengaku partainya tak akan kompromi terhadap kadernya yang terlibat kasus hukum, terlebih penyalahgunaan narkotika.

Sementara, nasib Andi Arief di Partai Demokrat masih mengambang. Peristiwa ini jelas menjadi pukulan telak bagi Partai Demokrat. Bahkan, juru bicara Partai Demokrat, Imelda Sari, mengistilahkan partainya bagai tersambar petir di siang bolong.

Ferdinand menyebut, nasib Andi Arief di partainya akan diputuskan hari ini. Partai Demokrat sendiri sudah menggelar rapat internal kemarin, tapi belum bisa mengambil keputusan lantaran menunggu kedatangan Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Hoaks Cara Pulihkan Kerusakan Teknis di Facebook Lite

Posted: 04 Mar 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang tata cara memperbaiki Facebook Lite yang rusak atau error beredar di media sosial. Kabar ini tersebar lewat facebook dan diunggah oleh akun FB Lite pada Jumat 1 Maret 2019. 

Dalam konten yang diunggahnya, akun FB Lite membeberkan tata cara untuk memperbaiki aplikasi Facebook Lite bagi yang mengalami gangguan. Berikut tata cara yang diunggah oleh akun FB Lite:

"INFO.FB LITE LAGI DI HACK,JIKA FB LITE ANDA SAAT BUKA PROFIL ORANG LAIN DAN MUNCUL FOTO PROFIL ANDA SENDIRI, BERARTI FB ANDA TERKENA VIRUS, CARA MENGHILANGKANNYA IKUTI LANGKAH BERIKUT.

1. SUKAI HALAMAN FB LITE2. BAGIKAN INFO INI KE GRUP ANDA.3. KOMENT #FBPROFILKoment anda akan terhubung ke server fb lite, untuk di berikan ke aman extra, dan mengaktifkan kembali fb lite anda.

(INGAT WAJIB SUKAI HALAMAN INI AGAR MASALAH INI CEPAT TERSELESAIKAN)

JIKA KALIAN TIDAK MELAKUKAN LANGKAH TERSEBUT DALAM WAKTU 24 JAM FB ANDA AKAN DI NONAKTIFKAN," tulis akun facebook FB LITE.

Konten ini telah 81.293 kali dibagikan dan mendapat 19 ribu lebih komentar dari warganet.

 

Fakta

Dari hasil penelusuran, kabar tentang tata cara memperbaiki aplikasi Facebook Lite yang diunggah oleh akun FB Lite ternyata tidak benar. Akun tersebut bukan merupakan akun resmi dari FB Lite maupun Facebook.

Hal ini sebagaimana yang diberitakan Liputan6.com dengan judul 'Bisnis Gelap di Balik Like di Facebook'. Dalam artikel itu disebutkan bahwa akun yang meminta pengguna media sosial untuk mengklik 'like' dan mengisi kolom kementar hanya untuk mencari keuntungan saja. Tidak ada efek apa-apa ataupun berpengaruh kepada perbaikan aplikasi yang mengalami gangguan.

Para pengguna Facebook yang mengklik link yang berbunyi "Klik ini jika Anda membenci kanker" bisa jadi mendapatkan kejutan yang tidak menyenangkan.

Link seperti gambar itu tidak berpengaruh apa-apa dan hanya digunakan untuk mengumpulkan "like" yang akan dijual. Membuat para penipu online menjadi kaya.

Begitu telah mengumpulkan banyak "like", halaman itu kemudian dijual untuk mendapatkan uang kepada para pelaku bisnis agar mereka terlihat populer.

Sebuah blog yang diposkan oleh Daylan Pearce, ahli mesin pencari di Next Digital di Melbourne, Australia, belum lama ini menjelaskan bagaimana cara kerja penipuan (scam) dan menunjukkan bagaimana halaman-halaman tersebut dijual.

Unggahan gambar yang berisi deskripsi seperti "Klik `like` jika Anda bisa melihat harimau", atau "Berikan komentar dan lihatlah apa yang akan terjadi" digunakan untuk mengumpulkan "like" dan komentar untuk sejumlah halaman.

Begitu halamannya telah mengumpulkan ribuan "like" dan komentar, maka halaman itu akan memiliki posisi tertinggi dalam News Feed para pengguna Facebook. "Like" bagaikan mata uang bagi situs tersebut.

Pearce mengungkapkan bahwa halaman dengan 100.000 "like" dapat dijual seharga US$ 200 (sekitar Rp 2 juta).

Pearce menjelaskan dalam blognya, semakin banyak "like" dan "share" dan komentar yang didapat, semakin terbuka pula peluang mendapatkan keuntungan dalam jangka waktu pendek dan panjang.

Begitu sebuah halaman sudah mendapatkan 700 ribu "like" (dengan cara menipu), maka halaman itu akan dijual ke orang lain yang ingin populer dalam waktu cepat. Informasi halaman pun diubah, bukan lagi soal kanker, binatang dan sebagainya, tapi mengenai bisnis.

David Em, peneliti jaringan keamanan senior di Kaspersky Lab berkata. "Situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter mengalami peningkatan target kejahatan dunia maya."

"Alasan utamanya adalah kepercayaan yang dirasakan oleh orang-orang saat berhubungan dengan para sahabat mereka secara online. Orang-orang lebih senang mengklik sebuah link yang dibagikan teman, dan rasa kepercayaan itulah yang dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan di dunia maya."(Yahoo!News/ANS)

Kesimpulan

Infomasi yang diunggah oleh akun FB Lite ternyata tidak benar atau hoaks. Akun FB Lite jugaa bukan akun resmi atau tidak terverfikasi.

Semua informasi yang diunggah dalam akun tersebut tidak bisa dipercaya. Sebab, akun tersebut bukan merupakan akun resmi dari Facebook.

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Pilu Tiga Sahabat Asal Indramayu Meninggal Bersama di Gunung Tampomas

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Indramayu - Isak tangis menyelimuti kesedihan keluarga tiga pendaki asal Indramayu yang meninggal saat mendaki Gunung Tampomas Kabupaten Sumedang, pada Minggu 3 Maret 2019 lalu.

Seperti di rumah Luky Parikesit (13), seorang pendaki yang meninggal akibat hipotermia di Gunung Tampomas. Luky meninggal bersama kedua sahabatnya Ferdy Firmansyah (13) dan Agif Trisakti (14).

Keluarga tak hentinya menangis saat melihat jenazah Luky dimakamkan di pemakaman umum Desa Tugu Kidul Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

"Tiga anak ini selalu main bareng dan mereka sudah sahabatan sebenarnya," kata Darlim ayah Luky Parikesit, Senin (4/3/2019).

Darlim menyebutkan, rumah Ferdy hanya berjarak 50 meter dari rumah Luky. Sementara Agif tinggal di Desa Tugu, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

Darlim mengaku, ketiga remaja tersebut merupakan sahabat karib. Mereka satu sekolah di SMPN 1 Sliyeg, kelas VII.

"Mereka teman seperjuangan, sahabat sehidup semati," tutur Darlim, di rumah duka.

Jenazah ketiga pendaki tersebut tiba di rumah duka pada Senin, 4 Maret 2019, pukul 02.00 WIB. Ketiga jenazah diantar menggunakan mobil ambulans milik RSUD Kabupaten Sumedang kemudian dimakamkan oleh keluarga masing-masing.

Darlim mengaku sempat melarang Luky untuk pergi bersama kedua sahabatnya mendaki Gunung Tampomas. Larangan tersebut karena sang ayah merasa khawatir melihat cuaca yang terus menerus hujan.

"Waktu itu bilangnya mau touring dengan teman-temannya, tidak bilang touring-nya ke mana. Tapi saya larang," kata Darlim.

Pengalaman Pertama

Salah satu orang tua korban tiga pendaki asal Indramayu yang meninggal akibat Hipotermia di Gunung Tampomas mengaku tak pernah memberi izin anak pergi mendaki. Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Namun, Luky nekat berangkat secara diam-diam tanpa sepengetahuan dan izin kedua orangtuanya pada Sabtu, 2 Maret 2019, subuh. Luky bahkan membawa sepeda motor milik ayahnya untuk membonceng kedua temannya menuju Gunung Tampomas.

Pendakian tersebut merupakan pengalaman pertama bagi Luky dan Ferdy. Sedangkan, Agif sebelumnya sudah memiliki pengalaman mendaki gunung.

Darlim mengaku mendapat firasat buruk sehari sebelum kepergian Luky ke Gunung Tampomas. Darlim yang saat itu tertidur mendadak bangun karena mimpi buruk.

"Dalam kondisi antara tertidur dan terbangun, saya seperti melihat ada jenazah yang dikirim ke rumah. Ternyata, firasat itu benar," ungkap Darlim.

Larangan mendaki juga dilakukan Castuni, ibu kandung Ferdy yang rumahnya tidak jauh dengan Luky. Namun, sang ibu tidak memiliki firasat buruk terhadap sang anak.

Castuni mengaku khawatir karena Ferdy belum pernah mendaki gunung. Apalagi, pendakian dilakukan bersama teman sebayanya, bukan merupakan kegiatan resmi sekolah.

"Kalau saja itu kegiatan sekolah, saya pasti izinkan karena ada pengawasan dari guru. Tapi ini perginya hanya dengan temannya, jadi tidak saya izinkan," tutur Castuni, yang tak henti meneteskan air mata.

Kepergian Ferdy telah meninggalkan duka mendalam pada keluarga dan teman-temannya.

Terpisah, Kepala bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor, menjelaskan, ketiga remaja itu tewas diduga akibat mengalami hipotermia.

"APD (alat pelindung diri) yang mereka gunakan tidak standar, mereka juga mendaftar ke pos lewat Luky," ungkap Joshua.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija vs Borneo FC: Novri Ingin Ulang Kenangan Manis

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta siap memainkan laga pertama mereka di Grup Piala Presiden 2019. Malam ini, di Stadion Maguwoharjo, Sleman, mereka akan berhadapan dengan Borneo FC.

Gelandang Persija, Novri Setiawan, memiliki memori manis saat berhadapan dengan tim asal Kalimantan itu. Tahun lalu, di Liga 1 2018, dia jadi mencetak tunggal kemenangan Persija atas Borneo FC di laga yang digelar di Stadion Aji Imbut.

Novri, 25 tahun, mengaku berharap bisa mengulang kenangan manis itu, nanti malam. Namun, pemain asal Sumatera Barat ini sadar, saat ini kondisinya tentu berbeda.

Novri bahkan menyebut, saat ini, pertandingan yang akan disiarkan Indosiar ini tak akan mudah. Hal itu diungkap Novri dalam jumpa pers, Senin (4/3).

"Yang penting kami siap bermain dari sisi mental dan ikuti saja instruksi pelatih semoga bisa diberikan kemenangan nanti," ujar mantan pemain Sriwijaya FC dan Bhayangkara FC itu di situs resmi Persija.

 

Siap Habis-Habisan

Gelandang Persija, Novri Setiawan mencoba menahan pemain Persebaya, Abu Rizal Maulana pada lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Lapangan PTIK, Jakarta, Selasa (26/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Novri sendiri mengaku siap tampil habis-habisan bersama Persija di Piala Presiden 2019. Dia berambisi membawa Macan Kemayoran mempertahan gelar yang mereka raih musim lalu di ajang yang sama.

"Kemarin kami juara. Semua tim sekarang makin siap tentunya. Walaupun sulit tapi kami siap aja dulu uang penting main maksimal dan memberikan yang terbaik," ujarnya.

 

Jadwal Persija di Piala Presiden

Selasa, 5 Maret 2019

18.30 WIB, Persija Jakarta vs Borneo FC

Jumat, 8 Maret 2019

18.30 WIB, Madura United vs Persija Jakarta

Jumat, 15 Maret 2019

18.30 WIB, PSS Sleman vs Persija Jakarta

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Putus cinta memang sangat menyakitkan. Namun, tak ada yang mampu menebak kapan masalah akan datang dalam hubunganmu bersama pasangan. Apabila masalah tersebut tidak mampu diselesaikan, putus dirasa jalan terbaik untuk mengakhirinya.

Ngomong-ngomong soal putus cinta, permasalahan-permasalahan sepele kerap kali menjadi alasan utama kandasnya hubungan. Misalnya 'kamu terlalu baik untuk aku', 'aku mau fokus belajar dan karier,' atau 'aku merasa kita enggak cocok lagi,'.

Para pengguna jejaring sosial, khususnya Twitter sempat meramaikan lini masa dengan tagar #1001AlasanPutus. Di mana membahas twit-twit  lucu soal alasan klasik orang putus yang malah jadi kocak. 

Penasaran apa saja alasan putus ala warganet? Berikut twit-twitnya seperti merangkum dari Twitter.

 

1. Rumit nih

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

2. Susah emang kalau beda keyakinan

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

3. Sabar ya. Banyak terjadi nih

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

4. Enggak gini juga kali

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

5. Duh, perlu pengorbanan ya

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

6. Bisa aja cari alasan putusnya

Deretan Alasan Kocak Putus Cinta, Lucu tapi Bikin Kesal

Reporter:

Hira Hilary Aragon

Sumber: Brilio.net

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakai Produk Kecantikan Korea, Wajah Kourtney dan Kim Kardashian Hampir Tak Dikenali

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum bahwa keluarga Kardashian selalu up to date tentang produk kecantikan. Jadi, bukanlah satu kejutan saat Kourtney dan Kim Kardashian mencoba produk kecantikan yang tengah booming.

Beberapa waktu lalu, lewat sebuah unggahan di akun Instagram-nya, @kourtneykardash, Kourtney mengunggah potret dirinya bersama Kim tengah memakai produk perawatan kecantikan berupa masker wajah.

Dilansir dari People, Selasa (5/3/2019), beauty item itu adalah produk asal Korea Selatan di bawah brand Hanacure. "Kim menyakinkanku memakai masker wajah ini dan aku merasa sangat nyaman," tulis Kourtney di keterangan foto unggahan yang dimaksud.

Di potret tersebut, lewat sejumlah komentar, warganet mengatakan, mereka hampir tak mengenali wajah, baik Kim maupun Kourtney Kardashian, yang tengah memakai masker. Bahkan, godaan dari adik perempuan mereka, Kendall Jenner, juga terlihat.

"Aku tidak bisa bernapas," tulisnya sembari menyertakan emoji tertawa.

Kim Kardashian dan Kourtney Kardashian pakai masker wajah dari salah satu brand asal Korea. (dok. Instagram @kourtneykardash/https://www.instagram.com/p/BuZ_Bwsnk3t/Asnida Riani)

Tahun lalu, masker yang dipakai Kim dan Kourtney, sudah lebih dulu masuk beauty item favorit aktris Drew Barrymore. Dalam review-nya, Drew menyebut, ia merasa 10 tahun lebih muda ketika melepas masker tersebut.

"Aplikasikan dengan brush. Ketika mulai kering, tekstur masker ini akan menarik kulit wajah. Makin erat, secara otomatis, kulit wajahmu memang benar-bener ikut naik. Tapi, rasa segar langsung dirasakan setelah dicuci, dan ini sangat efektif," ujarnya.

Berdasarkan situs resmi Hanacure, masker wajah ini mengandung kebaikan bunga teratai dan mengklaim bisa mengantarkan pengalaman transformasi kulit hanya dalam 30 menit. Masker ini menyamarkan kerutan, membuat kulit lebih kencang, dan bersinar.

"Bunga teratai di kebudayaan Asia, dipercaya merupakan simbol lahir kembali dan kemurniaan, mengingat ia (bunga teratai) mekar di air. Bunga tersebut tetap bersih dan tak tersentuh dengan apa yang ada di sekitarnya." begitulah keterangan tertulis di situs Hanacure.

Maker wajah yang dipakai Kourtney dan Kim Karadashian, serta mendapat pujian dari Drew Barrymore ini bisa dibeli secara online di situs Hanacure dengan harga 29 dolar Amerika atau sekitar Rp 410 ribu.

 

Saksikan video piliha di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sosok Luke Perry di Mata Keluarga dan Sahabat

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Amerika Serikat Kematian aktor Amerika Serikat Luke Perry pada Senin, 4 Maret 2019 sangat memilukan bagi keluarga dekat. Juru bicara Perry mengungkap, saat mengembuskan napas terakhir, Perry dikelilingi oleh keluarga dan teman-temannya.

Bintang Beverly Hills 90210 ini meninggal dunia setelah lima hari mendapatkan perawatan stroke. Perry mendadak kena stroke pada Rabu, 27 Februari 2019.

Melansir laman Mail Online, Luke Perry dibawa ke sebuah rumah sakit di Los Angeles. Perry baru saja selesai syuting adegan untuk serial Riverdale produksi Warner Bros.

Anak-anak Perry, Jack dan Sophie, tunangan Wendy Madison Bauer, mantan istri Minnie Sharp, ibu Ann Bennett, ayah tiri Steve Bennett, dan saudara-saudaranya, Tom Perry dan Amy Coder menemani Perry saat pria 52 tahun itu meninggal dunia. Seperti diungkap juru bicara Arnold Robinson.

Riverdale telah menghentikan produksi serial drama televisi menyusul berita kematian Perry. Dalam sebuah pernyataan, produser eksekutif Riverdale, WBTV dan jaringan CW menjelaskan, Perry adalah anggota keluarga tercinta Riverdale, Warner Bros, dan CW.

"Luke adalah segalanya. Dia itu seorang profesional yang sangat peduli dan punya hati yang besar dan teman sejati bagi kita semua."

Perry juga termasuk sosok ayah dan mentor bagi para pemain muda pada film tersebut. Apalagi, Luke Perry sangat dermawan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Dicintai banyak teman dan rekan

Luke Perry dicintai banyak teman dan rekannya. (AP Photo/Jeff Christensen, File)

Pada Rabu minggu lalu, paramedis mendapat panggilan darurat ke rumah Perry yang berlokasi di Sherman Oaks, Los Angeles.

Mantan lawan mainnya di 90210, Shannen Doherty, menyampaikan bahwa ia masih berkomunikasi dengan Perry setelah Perry stroke.

"Aku tidak bisa membicarakannya di sini karena aku benar-benar akan mulai menangis. Namun, aku mencintainya dan dia tahu aku mencintainya. Dialah Luke dan dia Dylan-ku (karakter yang diperankan Perry dalam serial Beverly Hills 90210," ujar Shannen.

Perry juga membintangi acara televisi Oz serta film, termasuk Buffy the Vampire Slayer, 8 Seconds dan The Fifth Element.

Perannya yang paling baru dalam serial drama remaja televisi hits Riverdale, yang diangkat berdasarkan komik Archie. Dalam serial itu, Perry memerankan sosok ayah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Luke Perry Meninggal, Serial Riverdale Dihentikan?

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kepergian Luke Perry meninggalkan kesedihan bagi penggemar dan sahabatnya. Termasuk para pemain serial Riverdale yang ia mainkan. Apakah Riverdale berhenti setelah Perry meninggal?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sepekan Menikah, Reino Barack Ungkap Perasaan kepada Syahrini

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menikah pada pada 27 Februari lalu di Tokyo, Jepang, Syahrini dan Reino Barack belum mengumumkan kabar bahagia ini ke publik secara gamblang. Mereka hanya menulis sesuatu di akun Instagram dengan tagar unik;  #EnergyOfAkad. Namun, mereka sudah mengunggah foto-foto lamaran melalui akun Instagram masing-masing sejak Minggu (3/3/2019) lalu.

Meskipun memamerkan foto-foto serupa, Syahrini dan Reino Barack menyampaikan keterangan yang berbeda. Salah satunya adalah foto mereka saat saling berhadapan yang diunggah hari ini, Selasa (5/3/2019).

Pesan dalam keterangan foto Reino Barack pun terkesan romantis. Reino seolah mengungkapkan bahwa hanya Syahrini-lah wanita yang mampu memberikan makna dari kata cinta baginya.

"Love was just a word until you gave it a meaning @princessyahrini #ReinoBarack #SyahReino #EnergyOfAkad #Restu," tulis Reino Barack dalam keterangan fotonya.

Serasi

Reino Barack dan Syahrini. (Instagram @reinobarack)

Komentar yang disampaikan warganet pun beragam. Kebanyakan tentunya mendukung kebersamaan Reino Barack dan Syahrini setelah menikah.

"Y Allah serasi bgtt....," kata @yulisetiarini91.

"Aq turut seneng... Sellu mennti update foto kalian.. Happy.. Happy..," ujar @kathrinetinglioy.

"So sweet. semoga langgeng smpe maut memisahkan," tulis @bheibylenny.

Kata Syahrini

Reino Barack saat melamar Syahrini. (dok. Instagram @princessyahrini/https://www.instagram.com/p/BujDwRQFh8z/Putu Elmira)

Syahrini pun tak kalah romantis dalam mengungkapkan isi hatinya melalui keterangan foto yang sama.

"Menerima Kekurangan Dan Kelebihan Kamu InshaAllah @reinobarack," tulis Syahrini di akun Instagramnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Tangguhkan Partisipasi Perjanjian Senjata Nuklir dengan AS, Kenapa?

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Moskow - Vladimir Putin menangguhkan partisipasi Rusia dalam perjanjian senjata nuklir bersama Amerika Serikat, menyusul keputusan Washington untuk menarik diri dari perjanjian The Intermediate-Range Nuclear Forces (INF).

Keputusan tersebut akan tetap diperkukuh oleh Putin sampai AS mengakhiri sikapnya terhadap Traktat Angkatan Nuklir Jangka Menengah itu -- sebuah kesepakatan yang dibuat oleh Negeri Paman Sam dan Republik Sosialis Uni Soviet pada 8 Desember 1987 tentang eliminasi misil jangka pendek dan jangka menengah mereka.

Namun di satu sisi, Donald Trump juga menuduh Rusia telah melakukan pelanggaran atas pakta tersebut, meski Rusia terus membantahnya. Washington telah mengungkapkan niatnya untuk mundur dari INF pada satu bulan lalu.

Trump bersedia terlibat kembali dalam perjanjian itu bila Moskow bersedia mematuhi isi kesepakatan dalam jangka waktu 6 bulan. Demikian seperti dilansir dari The Guardian, Selasa (5/3/2019).

Sebelumnya, AS menuduh Rusia mengembangkan dan menggunakan rudal jelajah yang melanggar ketentuan INF dari segi produksi, pengujian, dan penyebaran rudal balistik darat dan rudal balistik dengan jangkauan 500 hingga 5.500 km.

Sebaliknya, Putin pun juga menuding AS telah mencoreng isi INF, dengan mengerahkan fasilitas pertahanan rudal di Eropa Timur yang dapat menembakkan rudal jelajahnya.

Di satu sisi, kacaunya trakat INF telah memicu kekhawatiran akan mencuatnya kembali krisis rudal Eropa di era Perang Dingin, ketika AS dan Uni Soviet sama-sama mengerahkan rudal jarak menengah di benua itu selama periode 1980-an.

Senjata penghancur massal ini membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk mencapai target, dibandingkan dengan rudal balistik antarbenua. Penyebarannya pun dipandang mampu memunculkan adanya konflik nuklir global.

Rusia telah memperingatkan AS agar tidak menempatkan rudal baru di Eropa. Ia menekankan bahwa Negeri Beruang Merah ini akan membalas dengan mengirim senjata baru super cepat yang bisa menyerang targetnya hanya dalam kedipan mata, kata Putin.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Dubes Rusia untuk AS: Kontrol Senjata Sedang Dalam Krisis

Sebuah truk membawa rudal balistik antarbenua Sarmat Rusia terbaru melintasi hutan di lokasi yang tidak diketahui di Rusia. Presiden Vladimir Putin mengklaim bahwa persenjataan mereka tidak dapat dicegat oleh musuh. (RU-RTR Russian Television via AP)

Duta Besar Rusia untuk AS, Anatoly Antonov, telah memperingatkan bahwa kontrol senjata nuklir dua negara ini sedang berada di ujung tanduk. Ia mengklaim, beberapa politisi dan jenderal di Washington mulai bermonopoli untuk memenangkan konflik nuklir.

"Situasi dalam stabilitas strategis dan kontrol senjata sangat buruk. Kami berada dalam krisis," papar Antonov pada penampilan publik yang langka di Washington, sejak ia menjabat sebagai dubes pada Agustus 2017. "Kini saya mengkhawatirkan sejumlah politikus dan pejabat militer di Washington, yang mulai berpikir untuk menjadi juara dalam perang nuklir. Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyampaikan bahwa AS tidak mungkin mendapatkan maunya."

Trump mengumumkan dia menarik AS keluar dari INF pada Oktober lalu, mengutip tuduhan lama AS bahwa rudal yang diuji coba Rusia telah melanggar batas wilayah yang diberlakukan oleh perjanjian INF.

"Ini adalah masalah yang sangat serius," katanya lagi. "Kita bisa kembali ke situasi sebelum 1987, sebelum kita menandatangani perjanjian ... Kita akan dipaksa untuk mengerahkan rudal kita dan di sini, Anda akan melihat bahwa seluruh wilayah negara-negara Eropa akan ditembaki."

"Siapa yang kalah?" Tanya Antonov. "Negara-negara Eropa, termasuk Rusia. Ini adalah tantangan baru bagi keamanan kita yang akan kita hadapi," tegasnya.

Dia menunjuk sebuah pertemuan pada hari Senin di Wina, antara ketua kepala staf gabungan AS, Jenderal Joseph Dunford, dan mitranya dari Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, sebagai contoh bagaimana beberapa dialog militer masih berlangsung antara kedua kekuatan nuklir.

Kedutaan Rusia di AS mengatakan, Ketua Kepala Staf Gabungan Amerika Serikat, Joseph Dunford, dan mitranya dari Rusia, Valery Gerasimov, masih terus melakukan dialog terkait persengketaan ini: perjanjian INF dan masalah rudal.

Moskow mengklaim bahwa sistem pertahanan rudal AS di Eropa timur, yang dimaksudkan untuk menghadapi potensi ancaman dari Iran, dapat diubah menjadi landasan peluncuran rudal ofensif yang ditujukan ke Rusia.

Pentagon menyampaikan, kedua jenderal itu juga membahas soal Suriah dan upaya untuk menghindari bentrokan antara pasukan AS dan Rusia di negara yang telah lama terdampak perang ini.

Antonov berpendapat bahwa jika AS dan Rusia, yang menyumbang lebih dari 90% hulu ledak nuklir dunia, membiarkan INF runtuh, maka risikonya adalah proliferasi (kegiatan penyebarluasan senjata) nuklir secara global.

Ia menambahkan, akan ada pemberontakan yang mungkin dijalankan oleh negara-negara yang tidak memiliki senjata nuklir pada konferensi tahun depan untuk meninjau Nuclear Non-Proliferation Treaty (Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir atau disingkat NPT), yang mulai berlaku pada tahun 1970.

Di bawah NPT, negara-negara senjata non-nuklir berjanji untuk tidak memproduksinya, jika lima negara yang terlibat di dalamnya (AS, Rusia, Inggris, Prancis, dan China) mengambil langkah signifikan untuk melucuti senjata pemusnah massal mereka.

"Saya tidak ingin berpartisipasi dalam konferensi ini karena akan menjadi bencana," pungkas Antonov.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 300 Juta Pesan Aplikasi Chatting Terekspos di Tiongkok

Posted: 04 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Lebih dari 300 juta pesan pribadi dari aplikasi chatting populer di Tiongkok, terekspos ke internet pada Sabtu (2/3/2019). Informasi ini diungkap dari analis keamanan Victor Gevers.

Menurut laporan The Financial Times, Selasa (5/3/2019), ada sekitar 364 juta pesan--termasuk identitas pribadi pengguna yang bisa dicari lewat alamat IP.

Masing-masing berisikan konten percakapan dari aplikasi chatting populer seperti WeChat dan QQ.

Parahnya lagi, rekaman juga memuat data pribadi pengguna, seperti nomor kependudukan, foto, alamat, data lokasi GPS, dan juga informasi jenis perangkat yang digunakan.

Bahkan, database yang memuat pesan tersebut bisa mengirimkan informasi tersebut ke 17 jenis server lain yang tidak bisa diungkap identitasnya.

Dugaan Gevers, data tersebut sudah didistribusikan ke pihak berwajib seperti polisi di kota-kota Tiongkok untuk mengidentifikasi siapa pelakunya.

"Sejauh ini belum ada bukti dari pihak berwajib terkait siapa yang membocorkan ratusan juta pesan tersebut," kata Gevers.

Gevers menambahkan, kebanyakan pesan berasal dari kalangan pengguna remaja.

Beberapa isi pesan juga mengungkap alamat dikirim dari perangkat yang ada di warnet (warung internet).

Asal Usul Kebocoran Pesan

Ilustrasi chatting. (dok. pexels.com/Asnida Riani)

Gevers pertama kali mengetahui kebocoran data ini lewat mesin pencarian bernama Shodan.

Lewat mesin pencarian tersebut, pengguna bisa mencari konten lewat perangkat yang terkoneksi internet.

Menurutnya, ada seseorang yang mengacak konfigurasi firewall dan mengekspos database pesan tersebut.

Sebetulnya, sudah hal biasa bagi pemerintah Tiongkok untuk memonitor percakapan pengguna internet.

Sejumlah perusahaan teknologi Tiongkok bahkan melakukan pengumpulan data pengguna dari aplikasi dari situs web.

Ambil contoh WeChat, yang dalam peraturan privasi penggunanya mengklaim akan mengumpulkan data pengguna untuk keperluan perusahaan.

Namun sayangnya, hal tersebut berujung pada kritik masyarakat karena WeChat dianggap telah mengusik privasi pengguna.

Privasi Terkekang, Masyarakat Tiongkok Kini Diawasi Drone Burung

Sekilas penampakan drone burung besutan Tiongkok. (Foto: South China Morning Post)

Drone sepertinya bukan lagi jadi barang asing di zaman dengan perkembangan teknologi pesat seperti sekarang ini.

Fungsinya bahkan sudah meluas ke berbagai sektor. Ambil contoh Tiongkok. Implementasi drone kini bahkan sudah dimanfaatkan untuk sektor pengawasan.

Terbaru, pemerintah Tiongkok baru saja menciptakan drone dengan bentuk unik, yakni menyerupai burung.

Menurut informasi yang dilaporkan South China Morning Post, Selasa (26/6/2018), drone burung ini ternyata sudah digunakan oleh 30 agen militer dan pemerintah Tiongkok selama beberapa tahun terakhir.

Kehadiran drone tersebut justru menuai respons negatif karena berisiko bisa mengancam privasi masyarakat.

Adapun drone burung bertugas untuk mengawasi gerak-gerik masyarakat di lima provinsi yang ada di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Drone burung merpati ini merupakan proyek pemerintah yang dinamai "Dove".

Proyek dipimpin oleh Song Bifeng, seorang profesor di Northwestern Polytechnical University di Xi'an, Tiongkok.

Song sendiri merupakan ilmuwan senior di balik Chengdu J-20, yakni pesawat jet 'siluman' generasi kelima yang ada di Asia

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demi Selingkuh, Istri di Sumenep Racuni Suami hingga Tewas

Posted: 04 Mar 2019 08:56 PM PST

Patroli, Sumenep - Pasangan selingkuh Insiyah dan Surahwan warga Batang-batang Laok, Sumenep, Jawa Timur, diringkus polisi karena terlibat dalam kematian Mistoyo (45) yang tak lain adalah suami dari tersangka Insiyah.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (5/3/2019), dengan modus agar jalinan cinta terlarang kedua tersangka berjalan mulus, istri korban menyuruh kekasih gelapnya untuk mencampur minuman bersoda korban dengan telur dan racun sianida.

Kasus pembunuhan ini terbongkar setelah pihak keluarga korban melaporkan Mistoyo meninggal tak wajar.

Sejumlah barang bukti antaran lain gelas dan sisa serbuk racun disita polisi. Keduanya dijerat Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana dengan ancaman hukuman mati atau penjara seumur hidup. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Memakai Eyeshadow 2 Warna, Tampil Cantik dengan Simpel

Posted: 04 Mar 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Makeup adalah suatu kebutuhan bagi seorang wanita. Apalagi bagi wanita yang memiliki aktivitas sehari-hari di luar rumah. Makeup digunakan wanita agar dapat terlihat menarik. Sebagian wanita bahkan tidak percaya diri jika harus keluar rumah tanpa menggunakan makeup.

Namun, tak semua orang dapat bermakeup dengan benar. Jika kamu tak memperhatikan detail pemakaian makeup, justru akan terlihat aneh saat diaplikasikan pada wajahmu. Hal terpenting dari makeup adalah riasan pada mata atau eyeshadow.

Eyeshadow adalah bagian makeup sebagai perona mata. Eyeshadow menggunakan kosmetik yang dipergunakan untuk kelopak mata dan bawah alis. makeup eyeshadow ini akan memberikan kesan mata lebih menonjol dan menarik dengan warna-warna kosmetik yang digunakan.

Eyeshadow Dua Warna atau Two-Tone Eyeshadow

Eyeshadow awet dengan memakai eyeshadow base. (Boldsky.com)

Memakai eyeshadow ada dua cara yang dibedakan yaitu tipe pemakaian eyeshadow satu warna saja dan tipe pemakaian eyeshadow dengan dua warna atau lebih. Bagi pemula mungkin akan menggunakan tipe yang pertama. Namun tak ada salahnya bagi kamu yang ingin mencoba memakai dua warna untuk eyeshadow.

Dua warna eyeshadow adalah tampilan mata yang menggabungkan dua warna pada kelopak mata. Kamu bisa mengombinasikan dua warna eyeshadow dari atas ke bawah atau kiri dan kanan. Cara memakai eyeshadow 2 warna yang paling penting adalah teknik blending atau pencampuran.

Cara Memakai Eyeshadow 2 Warna

(sumber: iStock)

Dilansir Liputan6.com, Selasa (5/3/2019) dari berbagai sumber, bisa kamu simak cara memakai eyeshadow 2 warna atau two-tone eyeshadow berikut.

Sebelum mengetahui cara memakai eyeshadow 2 warna, kamu memerlukan kuas dan bahan lainnya. Seperti blending brush, primer untuk mata (eye primer), dua warna eyeshadow, mascara dan kuas.

1. Aplikasikan primer pada mata. Primer ini berguna agar eyeshadow tahan lama, tidak mudah luntur dan mengotori bagian wajah lainnya. Pulas primer pada semua permukaan kelopak mata

2. Untuk menggunakan eyeshadow dua warna yang paling aman bagi pemula adalah menggunakan warna natural. Aplikasikan brush kamu dengan warna netral pada seluruh kelopak mata.

Usahakan jangan terlalu banyak atau kamu bisa tap-tap brush agar serbuk pada brush tak berlebihan. Kamu juga bisa gunakan jari telunjukmu jika tak ingin gunakan brush.

3. Pilih warna yang lebih terang atau warna natural. Kamu dapat kombinasikan intensitas yang lebih gelap dan lebih terang dengan warna yang sama. Seperti warna hijau dengan merah muda, ungu dengan merah muda, merah muda dengan krem atau krem dengan coklat tua. Usap pada ujung dalam kelopak mata menggunakan kuas bulat.

4. Kemudian ambil warna yang lebih gelap. Gunakan kuas yang lebih kecil untuk mengaplikasikan warna yang lebih gelap ini. Usap pada ujung luar mata hingga menyatu dengan warna yang lebih terang tadi.

(sumber: iStock)

5. Kemudian blend atau campurkan warna tersebut pada tengah kelopak mata agar terlihat menyatu. Kamu bisa gunakan kuas bersih lainnya atau menggunakan jarimu.

6. Kamu bisa tambahkan warna pada ujung luar bawah mata dengan warna yang gelap seperti bagian atas kelopak mata.

7. Cara memakai eyeshadow 2 warna yang terakhir adalah mascara. Gunakan mascara sebagai langkah finishing dari eyeshadow. Mascara dapat menambah intensitas dari warna eyeshadow-mu.

8. Selesai.

Cara Memakai Eyeshadow 2 Warna Untuk Mata Sipit

Bagi yang memiliki mata sipit, sebagian besar mata kamu tidak memiliki lipatan pada kelopak mata. Cara memakai eyeshadow 2 warna yang bisa kamu lakukan agar mata sipitmu lebih menarik adalah sebagai berikut.

1. Pilih warna eyeshadow yang bertekstur matte atau cream. Disarankan untuk tidak menggunakan eyeshadow dengan tambahan glitter. Glitter bisa membuat mata sipitmu menjadi lebih kecil.

2. Pilih warna lembut seperti pink muda, abu-abu muda atau warna cerah seperti peach. Kamu bisa aplikasikan warna tersebut pada kelopak mata.

3. Untuk cara memakai eyeshadow 2 warna pada mata sipit, kamu bisa pilih warna gelap yang kemudian dicampur dengan warna-warna lembut. Seperti eyeshadow warna pink dan coklat. Caranya, aplikasikan warna lembut pada kelopak mata, lalu beri sedikit polesan warna gelap pada ujung luar mata. Kemudian blend hingga sempurna.

4. Selesai.

 

Selain memilih kombinasi warna yang selaras, menggunakan pakaian yang sesuai dengan riasan makeup juga mempengaruhi penampilanmu. Cara memakai eyeshadow 2 warna memang perlu pemilihan warna yang sesuai agar warna tidak terlihat aneh.

Demikian cara memakai eyeshadow 2 warna yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Teknik penting dari menggunakan eyeshadow dua warna atau lebih adalah blending. Jika kamu sudah bisa menggunakan 2 warna, kamu bisa kembangkan dengan berbagai warna-warna pada kelopak matamu agar lebih terlihat menarik dan indah.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Jangan Sepelekan

Posted: 04 Mar 2019 08:53 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Radang tenggorokan merupakan kondisi yang menganggu aktivitas sehari-hari. Saat mengalami radang tenggorokan, tenggorokan akan terasa gatal, sakit dan susah menelan makanan dan minuman.

Radang tenggorokan merupakan peradangan yang disebabkan oleh infeksi pada tenggorokan. Radang ini merupakan infeksi menular lho. Radang dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan penderitanya.

Kontak bisa terjadi lewat aktivitas yang melibatkan lendir atau air liur. Misalnya: lewat ciuman atau penggunaan sikat gigi yang terkontaminasi.

Mengenal Radang Tenggorokan

(Sumber: iStockphoto)

Radang tenggorokan atau dalam istilah medisnya faringitis streptokokus, merupakan infeksi pada tenggorokan oleh bakteri,virus, atau reaksi alergi.

Radang tenggorokan dapat dikenali dengan beberapa gejala seperti nyeri tenggorokan, nyeri saat menelan,demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher,bercak kemerahan di langit-langit mulut, dan pembesaran amandel.

Radang tenggorokan tak bisa dianggap sepele. Selain mengganggu aktivitas makan, radang tenggorokan yang dibiarkan akan menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan lain. Komplikasi tersebut seperti infeksi telinga, radang ginjal, demam rheumatik, Streptokokus toxic shock syndrome, hingga sinusitis.

Penyebab Radang Tenggorokan

Pada umumnya radang tenggorokan disebabkan oleh bakteri streptokokus grup A. Namun, bakteri lain juga dapat menjadi pemicu seperti N. gonorrhoeae, C. diphtheria, dan H. influenza.

Radang tenggorokan akibat serangan infeksi virus biasanya dipicu oleh rhinovirus, adenovirus, parainfluenza virus, dan coxsackie virus. Sedangkan reaksi alergi terhadap allergen yang memicu gangguan ini bisa bermacam-macam. Misalnya: udara kering, debu, serbuk sari, makanan atau kebiasaan merokok.

Nah, salah satu penyebab radang tenggorokan adalah makanan. Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan reaksi alergi pada tenggorokan.

Makanan penyebab radang tenggorokan ini bermacam-macam jenisnya. Bahkan makanan penyebab radang tenggorokan sering dikonsumsi sehari-hari. Nah agar lebih waspada ada baiknya jika Anda mengetahui apa saja makanan penyebab radang tenggorokan.

Dengan begitu Anda dapat menghindari makanan penyebab radang tenggorokan ini agar terhindari dari derita radang tenggorokan.

Berikut jenis makanan penyebab radang tenggorokan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (5/3/2019).

Makanan Penyebab Radang Tenggorokan

Makanan Pedas yang Dikonsumsi Dalam Batas Wajar Bisa Mendatangkan 8 Kebaikan (Ilustrasi/iStockphoto)

Makanan pedas

Makanan pedas memang nikmat saat kondisi tubuh sedang mengalami flu seperti batuk atau pilek. Namun jika dikonsumsi berlebihan, makanan pedas dapat memicu infeksi pada tenggorokan. Makanan pedas memiliki resiko besar terjadinya radang tenggorokan. Apalagi jika kondisi tubuh Anda sedang tidak sehat.

Sebaiknya hindari makanan pedas seperti sambal, bubuk cabai, cengkeh, lada hitam, pala, dan rempah-rempah dengan rasa pedas saat kondisi badan sedang tidak fit.

Makanan asam

Salah satu makanan penyebab radang tenggorokan adalah makanan yang bersifat asam. Zat asam pada makanan dapat menimbulkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan peradangan. Makanan dan minuman ini seperti aneka jeruk, cuka, asam jawa, atau acar.

Alih-alih mengonsumsi minuman dan makanan yang bersifat asam untuk melegakan tenggorokan, cobalah untuk meminum segelas jahe hangat.

Makanan kering dan keras

Makanan kering, keras, atau bertekstur kasar akan beresiko menyebabkan radang tenggorokan. Makanan-makanan seperti ini dapat membuat tenggorokan kering dan melukainya.

Makanan-makanan ini seperi kue kering, biskuit, kacang-kacangan, sereal atau bahkan sayuran mentah. Untuk mengonsumsi makanan ini Anda dapat melunakkannya atau minum banyak air putih setelah memakannya.

 

Ilustrasi (iStock)

Susu dan olahannya

Susu menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh, yang memicu rasa gatal pada tenggorokan. Akibatnya tenggorokan akan mengalami peradangan.

Susu juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung lemak. Makanan berlemak akan memperlambat proses pencernaan.

Hal ini juga berlaku pada olahan susu seperti keju dan yogurt. Jika Anda merasa tenggorokan sedang tidak dalam keadaan baik, hindari untuk mengonsumsi susu dan produk olahannya.

Makanan berminyak

Banyak makanan di Indonesia yang mengandung minyak. Sebut saja gorengan. Para ahli kesehatan sepakat bahwa makanan dengan banyak minyak tak dianjurkan untuk dikonsumsi baik dalam kondisi kesehatan kurang sehat atau sehat sekalipun.

Minyak dapat memberi dampak buruk bagi tenggorokan. Selain itu minyak juga merupakan pemicu kolesterol, jerawat, jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Kafein dan alkohol

Mungkin secangkir kopi panas akan menghangatkan tubuh saat sedang flu, namun kafein akan menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan. Rasa gatal ini lama kelamaan akan berubah menjadi radang pada tenggorokan.

Konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat membuat kering area tenggorokan. Jika Anda tidak mengimbanginya dengan minum air putih secara cukup, maka bisa menimbulkan

Makanan Pereda Radang Tenggorokan

ilustrasi teh/copyright Rawpixel

Nah, setelah mengetahui makanan penyebab radang tenggorokan mungkin Anda dapat mulai menghindarinya agar tak mudah terkena radang tenggorokan. Jika Anda sudah terlanjur mengalami radang tenggorokan, berhentilah mengonsumsi makanan pemicu radang tersebut agar peradangan tak semakin parah.

Selain Antibiotik yang diberikan dokter untuk menyembuhkan radang, Anda juga dapat mengonsumsi makanan-makanan alami pereda radang tenggorokan.

Berikut 6 makanan pereda radang tenggorokan yang dilansir Liputan6.com dari Boldsky Selasa (5/3/2019)

Bawang putih

Salah satu bumbu dapur ini mimiliki kandungan antibakteri dan antivirus. Anda dapat memilih bawang putih sebagai antibiotik alami dalam meringankan rasa sakit tenggorokan Anda.

Jahe, madu dan teh

Mencampurkan segelas teh dengan jahe dan madu akan menenangkan rasa sakit pada tenggorokan. Teh yang memiliki kekuatan untuk melawan infeksi, akan mengurangi peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan Anda.

Sup ayam

Menyembuhkan rasa sakit pada tenggorokan dapat Anda dapatkan dari sup ayam. Makanan ini memang dikenal sebagai obat kuno untuk meredakan rasa sakit pada tenggorokan. Hingga kini sup ayam diyakini mampu memberikan gizi dan kekuatan dalam menyembuhkan sakit tenggorokan.

Pisang

Buah berwarna kuning ini memiliki manfaat yang berlimpah, terutama untuk mengobati sakit tenggorokan. Buah dengan daging yang lembut ini juga mengandung vitamin yang penuh untuk menangani rasa sakit tenggorokan.

Jamur

Nutrisi yang penting disertai sifat antibakteri yang ada pada jamur mampu menyembuhkan rasa gatal dan sakit pada tenggorokan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Tangkap Anggota TNI Terlibat Jaringan Narkoba di Medan

Posted: 04 Mar 2019 08:51 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Badan Narkotika Nasional (BNN) mengamankan enam tersangka yang terlibat dalam penyelundupam 48.201 butir pil ekstasi. Narkotika tersebut diketahui di kirim dari Medan menuju Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

"BNN berhasil mengamankan enam tersangka, salah satunya oknum TNI AD. Keenam tersangka tersebut berinisial SF, HN, HR, DD, Serda SM, dan AD," ungkap Kepala BNN Komisaris Jenderal Polisi Heru Winarko di Kantor BNN, Cawang, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Penangkapan tersebut merupakan buah kerjasama antara BNN dengan Kodam Bukit Barisan dan Bea Cukai Sumatera Utara. Pengungkapan kasus ini berawal dari informasi yang berhasil di dapatkan tim BNN, bahwa akan ada pengiriman ekstasi dari Medan melalui jalur darat.

Tersangka SF, HN, dan HR diamankan tim gabungan di depan Rumah Dinas Bupati Lubuk Linggau pada Minggu 17 Februari 2019) pukul 04.45 WIB.

"Tim gabungan berhasil mengamankan SF, HN, dan HR di depan Rumah Dinas Bupati Lubuk Linggau Jl Jenderal Ahmad Yani Lintas Sumatera, Sumatera Selatan, pukul 04.45 WIB, Minggu. Saat dilakukan penangkapan, satu orang orang anggota sindikat narkoba berinisial AD berhasil melarikan diri," ujar Heru.

 

Serda SM

Dari penangkapan pertama tersebut, tim gabungan kemudian mengembangkan kasus tersebut. Masih di hari yang sama tim gabungan kembali menangkap seorang tersangka lainnya.

Dalam penangkapan yang kedua tersebut, tim menguak keterlibatan oknum TNI AD dalam sindikat tersebut. "Kepada petugas, DD mengaku diperintah oleh oknum TNI AD berinisial SM untuk membarikan ekstasi kepada SF, dkk," kata Heru.

Atas keterangan tersebut, BNN dan Kodam Bukit Barisan langsung menangkap Serda SM.

"Selanjutnya BNN berkoordinasi dengan Kodam Bukit Barisan dan berhasil mengamankan Serda SM di Jl Raya Lintas Sumatera, Deli Serdang sekitar pukul 11.25 WIB. Kepada petugas DD mengaku masih memiliki ekstasi yang disimpannya atas perintah Serda SM," Heru memungkasi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Terpilih, Jokowi Bakal Bangun 5 Juta Rumah

Posted: 04 Mar 2019 08:48 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'aruf Amin memiliki program membangun 5 juta rumah jika terpilih dalam Pemilu 2019. Program ini merupakan kelanjutan dari program Sejuta Rumah yang sudah dijalankan saat ini.

Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'aruf Amin, Arif Budimanta, mengatakan bahwa ketersediaan rumah bagi masyarakat khususnya masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi perhatian Paslon nomor urut 01.

"Ini isu yang sangat penting. Masalah mendasar yang harus kita selesaikan," kata dia, dalam acara 'Rembuk nasional: Mengukur perlunya Kementerian Perumahan rakyat Kabinet 2019-2024', di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Komitmen untuk menyediakan rumah bagi masyarakat, kata Arif, telah ditunjukkan oleh Joko Widodo. Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Jokowi pada masa jabatannya sebagai Presiden adalah bentuk nyata perhatian tersebut.

"Lima tahun yang akan datang, Pemerintah, Pak Presiden meneruskan jalan perubahan Indonesia maju. Program 1 juta rumah sudah tercapai bahkan lebih," kata dia.

Diketahui, berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) per Desember 2018, tercatat 1.076.856 rumah yang telah dibangun. Dari angka tersebut, 729.876 rumah merupakan rumah MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) dan 346.980 rumah non-MBR.

"Lima tahun yang akan datang 5 juta rumah. Bukan hanya rumah baru tapi semua program yang berkaitan dengan perumahan rakyat. Juga akan dikembangkan perumahan yang dekat dengan tempat kerja. Kalau kita sediakan jauh dari tempat kerja, maka cost akan lebih besar," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu 

Sumber: Merdeka.com

Pengembang Diminta Lebih Gencar Bangun Rumah Murah

Presiden Joko Widodo menyapa warga saat meninjau rumah contoh untuk PPRG di Garut, Jawa Barat, Sabtu (19/1). Rencananya rumah tersebut akan dibangun 500 unit, dimana tahap pertama dibangun 150 unit terlebih dahulu. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta kontraktor pengembang perumahan untuk lebih gencar membangun rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Salah satu langkah dalam menyediakan hunian terjangkau melalui Program Sejuta Rumah.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menuturkan, pembangunan hunian dalam Program Sejuta Rumah hingga akhir Februari 2019 telah mencapai 120 ribu unit. 

Namun dia menilai, pencapaian tersebut masih tertahan lantaran pengembang enggan membangun rumah bagi MBR sebelum ada kepastian terkait harga jualnya.

"Jadi kita sekarang memang masih ada gejala pengembang menahan stok karena nunggu harga. Nah ini enggak betul nih," keluh dia di Jakarta, Senin (4/3/2019).

Dia pun mengimbau agar pengembang tetap menyalurkan rumah yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Dengan harga yang ada sekarang, laksanakan seperti biasa. Karena dengan harga sekarang masih bisa jalan," imbuh dia.

Dia pun menyampaikan, Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan kini tengah menggodok perubahan skema harga rumah MBR untuk periode 2019 dan 2020.

"Ini sedang diusulkan dari PUPR ke Menteri Keuangan (Sri Mulyani Indrawati), sedang harmonisasi. Ini untuk 2 tahun, 2019 dan 2020. Saya minta kepada teman-teman asosiasi dan pengembang untuk terus semangat mendukung Program Sejuta Rumah," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditolak Berhubungan Intim, Suami di Banten Bunuh Istri dan Bayinya

Posted: 04 Mar 2019 08:48 PM PST

Patroli, Banten - Mobil jenazah membawa jasad ibu dan bayinya yang masih berusia 40 hari ke Rumah Sakit Drajat Prawiranegara, Serang, Banten, untuk diautopsi. Keduanya tewas diduga akibat kekerasan yang dilakukan kepala rumah tangga.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Selasa (5/3/2019), korban bernama Anis Purwanis bersama bayinya bernama Athar ditemukan tewas di dalam rumah yang terletak di Kelurahan Kota Sari, Cilegon, Banten, Senin pagi. Keduanya ditemukan tak bernyawa oleh adik korban.

Tim Forensik Rumah Sakit Drajat Prawiranegara menyatakan, dari pemeriksaan awal Anis dan bayinya mengalami luka akibat benturan benda tumpul di kepala.

Sementara itu, Amri suami korban akhirnya menyerahkan diri ke polisi setelah sempat kabur usai melakukan pembunuhan terhadap istrinya dan anaknya. Dari penyelidikan awal, peristiwa terjadi sekitar Senin dini hari di Kecamatan Grogol, Kota Cilegon.

Pelaku yang terbakar rasa cemburu karena menduga istrinya berselingkuh merasa emosi. Apalagi setelah sang istri menolak ajakannya untuk berhubungan intim.

Usai diautopsi, jasad korban lalu disemayamkan di rumah duka. Para tetangga pun ramai berdatangan untuk melayat ke rumah korban. Keduanya dimakamkan di tempat pemakaman umum desa setempat pada Senin malam. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

1 komentar:

Amisha mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut