Jumat, 29 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Serie A: Data dan Fakta Sampdoria vs AC Milan

Posted: 29 Mar 2019 09:35 PM PDT

Jakarta - AC Milan melawat ke markas Sampdoria pada lanjutan Serie A di Stadio Comunale Luigi Ferraris, Sabtu (30/3/2019). Wa;au tampil di markas lawan, tim tamu tetap mengincar kemenangan. 

Setelah tak terkalahkan dalam 10 pertandingan terakhir, I Rossoneri akhirnya menelan hasil minor. AC Milan menyerah 2-3 dari Inter Milan pada laga pekan ke-28 Serie A, 18 Maret 2019.

Kekalahan tersebut membuat skuat Merah-Hitam turun ke peringkat empat klasemen sementara Serie A dengan nilai 51. Mereka tertinggal dua poin dari Inter yang naik ke posisi tiga.

Tak ingin kembali kehilangan poin, AC Milan berambisi untuk mengalahkan Sampdoria. Kans Milan untuk membungkam Il Samp terbilang cukup besar. Pasalnya, mereka menyapu bersih kemenangan dalam tiga laga terakhir melawan Sampdoria.

Meski begitu, klub asuhan Marco Giampaolo tersebut harus tetap diwaspadai. Sampdoria bertekad untuk tampil konsisten, setelah dalam tiga laga sebelumnya di Serie A menelan dua kekalahan dan hanya meraih satu kemenangan.

Hasil itu pun membuat Il Samp kini berada di posisi sembilan klasemen sementara Serie A dengan nilai 42. Mereka tertinggal sambilan poin dari AC Milan yang berada di urutan keempat.

Berikut ini adalah data dan fakta jelang Sampdoria Vs AC Milan: 

Data dan fakta Sampdoria

Gonzalo Higuain berusaha melewati hadangan pemain Sampdoria. (dok. AC Milan)

1. Fabio Quagliarella baru mencetak dua gol dalam 25 penampilan melawan AC Milan di semua kompetisi.

2. Tak ada hasil imbang dalam delapan laga terakhir Sampdoria di Serie A (4 menang, 4 kalah).

3. Tidak ada hasil imbang dalam delapan laga kandang terakhir Sampdoria di Serie A (5 menang, 3 kalah).

4. Fabio Quagliarella mencetak tujuh gol dalam enam penampilan terakhirnya untuk klub (Sampdoria) dan tim nasional (Italia).

5. Fabio Quagliarella menjadi pencetak gol dan assist terbanyak Sampdoria di Serie A musim ini (21 gol dan tujuh assist)

Data dan fakta AC Milan

Pemain AC Milan, Suso (kiri) melakukan tendangan saat menjamu Sampdoria dalam lanjutan pertandingan Serie A di San Siro, Minggu (18/2). AC Milan menundukkan tamunya Sampdoria dengan skor tipis 1-0. (MIGUEL MEDINA / AFP)

1. Pada pertemuan pertama di Serie A musim ini (pekan ke-10), AC Milan mengalahkan Sampdoria dengan skor 3-2 di San Siro. Tiga gol Milan dicetak Patrick Cutrone, Gonzalo Higuain, dan Suso. Dua gol Sampdoria dicetak Riccardo Saponara dan Fabio Quagliarella.

2. Musim ini, Sampdoria dan Milan juga bertemu pada 16 besar Coppa Italia. I Rossoneri mengalahkan Sampdoria di Stadio Luigi Ferraris dengan skor 2-0, lewat sepasang gol Patrick Cutrone pada extra time.

3. Dalam laga tandangnya melawan Sampdoria di Serie A musim lalu, AC Milan menyerah 0-2. Milan menyerah lewat gol-gol Duvan Zapata dan Ricardo Alvarez.

4. AC Milan hanya kalah sekali dalam tujuh laga tandang terakhirnya melawan Sampdoria di Serie A (3 menang, 1 kalah).

5. AC Milan mencatatkan empat clean sheet dalam enam laga tandang terakhirnya melawan Sampdoria di Serie A.

6. Il Diavolo Rosso hanya kalah sekali dalam 11 laga terakhirnya di Serie A (7 menang, 3 imbang, 1 kalah), yakni dengan skor 2-3 melawan Inter Milan sebelum jeda internasional.

7. AC Milan tak terkalahkan dalam delapan laga tandang terakhirnya di Serie A (4 menang, 4 imbang). Milan selalu menang dalam dua laga tandang terakhirnya di Serie A: 3-1 vs Atalanta, 2-1 vs Chievo.

 

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Akhir Pekan: Perjalanan Rempah Pengaruhi Cita Rasa Makanan Terlezat di Dunia Asal Indonesia

Posted: 29 Mar 2019 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, nilai rendang mungkin sekadar kuliner pengusir lapar dengan cita rasa lezat tiada dua. Jadi lauk paling populer di jajaran sajian asal Sumatera Barat, seperti makanan khas daerah lain, rendang mengemban sejarah panjang di balik eksistensinya.

"Berbicara rendang dan nenek moyang, pasti tak lepas dari tambo Minangkabau. Tambo ini berarti cerita, legenda, omongan dari mulut ke mulut yang sudah ada dari dulu," kata rendang traveler, Reno Andam Suri, di International Forum on Spice Route (IFSR) 2019 di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2019.

Alkisah, wilayah Gunung Marapi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, merupakan kawasan pertama nenek moyang menginjakkan kaki di bumi Minang. Rombongan itu disebut sebagai salah seorang anak Christopher Columbus yang berlayar dari India untuk melanjutkan pencarian rempah.

"Jadi, puncak Gunung Marapi itu satu-satunya daratan. Lambat waktu, air laut surut dan sekarang jadi wilayah Tanah Datar," sambung Reno. Menempati wilayah baru, adaptasi banyak dilakukan, termasuk soal makanan.

Rendang. ilustrasi/copyright pixabay.com

Memanfaatkan kekayaan alam, ketumbar hijau yang tumbuh di sekitar desa menjelma jadi bumbu yang diandalkan di kawasan itu, hingga akhirnya disisipkan sebagai salah satu penyedap rendang.

Waktu demi waktu berlalu, wilayah Tanah Datar membuka diri untuk perdagangan. "Awalnya itu karena ada utusan Portugis yang datang. Dari hasil diskusi, akhirnya setuju untuk berdagang," tutur Reno.

Kedatangan orang asing itu, lantaran pihak Belanda meminta tolong pada Portugis untuk mencari tahu wilayah penghasil lada. Pasal, selama ini, mereka hanya membeli dari orang Aceh yang ternyata telah sudah sebegitu lama membeli dari pedagang asal Sumatera Barat.

"Membuka diri dengan perdagangan ini membuat banyak akulturasi terjadi. Dari situlah banyak pedagang dari wilayah lain seperti Padang dan pesisir lain yang membawa macam-macam rempah. Akhirnya, orang mulai coba-coba memasukkannya ke masakan, termasuk rendang," papar Reno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Rendang Nyatanya Tak Melulu Daging

Rendang di sebuah restoran di kota Pekanbaru, Riau. (WAHYUDI / AFP)

Reno menegaskan, rendang sebenarnya bukan sajian, melainkan cara memasak, di mana artinya menihilkan air. "Jadi, rendang itu jangan berhenti di daging sapi saja. Semua bisa direndang asal melalui proses meniriskan air," tuturnya pada Liputan6.com usai memberi materi di International Forum on Spice Route (IFSR) 2019 di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu, 23 Maret 2019.

Tanah Datar sendiri, kata Reno, dikenal lewat sajian rendang belut. Sekarang, rendang disajikan dalam banyak versi. Namun, menurut Reno, setidaknya terdapat 20 jenis rendang dengan proses pembuatan orisinal di Sumatera Barat.

"Yang paling unik yang pernah saya temui itu 100 daun direndang sama rendang gulai. Daun-daun itu didapat di sekitar kampung, di bukit. Mereka tahu mana yang bisa dimakan," katanya.

Rendang yang kini telah mendunia, lantaran sempat jadi makanan terenak di dunia versi CNN tahun 2014 dan 2017, disambut baik oleh Reno. Ia menilai, dengan begitu, rendang sudah punya lokomotif untuk lebih dikenal.

Tinggal bagaimana menambahkan narasi, cerita, dan sejarah di baliknya. Supaya semua orang tahu dan menghargai nilai kuliner Sumatera Barat tersebut. Reno mengaku tak takut orisinalitas rendang tergerus karena jadi makanan 'mainstream'.

"Kalau nantinya orang-orang di luar sana mau membuat rendang rusa atau pakai bahan lain. Silakan saja. Kembali lagi, rendang itu kan proses memasak. Menurut saya, Sumatera Barat akan selalu jadi rumah pertama buat rendang," paparnya.

"Istilahnya, carilah pizza di negara asalnya, begitu juga dengan rendang. Buat orang yang mau tahu bagaimana sebenarnya rasa rendang di tanah aslinya, bisa datang ke Indonesia, coba rendang di Sumatera Barat," sambungnya.

Ia menambahkan, rendang adalah harga diri bagi masyarakat Sumatera Barat, lantaran selalu ada di upacara-ucacara penting. Merendang itu, menurut Reno, selalu tentang ketekunan, cinta, dan kesabaran.

Dalam pembuatannya, ada beberapa kebiasaan yang dilakukan. Sambil mengaduk, biasanya akan bertukar pantun, tentunya bercanda, dan berbicara tentang kutipan-kutipan leluhur.

"Rendang itu ditinggikan derajatnya dari lauk lain. Bahkan, kalau lagi makan besar bersama, ada 1 kilogram (kg) daging rendang nggak dipotong. Cuma ditaruh di ujung meja. Tidak untuk dimakan, hanya untuk dipajang," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris Pekan ke-32, Laga Sengit Perebutan Tahta Juara The Citizens dan The Reds

Posted: 29 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Klasemen Liga Inggris Pekan ke-32 benar-benar menyuri perhatian. Kompetisi Premier League kembali bergulir setelah libur karena pertandingan internasional. Berbagai laga seru bakal tersaji pada pekan ke-32.

Satu di antaranya bigmatch antara pemuncak klasemen Liverpool melawan Tottenham Hotspur. Liverpool saat ini berada di barisan terdepan bersama Manchester City dalam pemburuan gelar juara Premier League 2018/19.

Mereka berada di puncak klasemen Liga Inggris sementara, unggul dua poin dari Manchester City yang mengekor di peringkat kedua. Meski demikian, keunggulan itu bisa berubah dengan cepat. Liverpool memuncaki klasemen dengan 76 poin dari 31 laga, Man City mengejar dengan 74 poin dari 30 laga. Artinya, The Reds memainkan satu laga lebih banyak, dan Man City bisa berbalik unggul dengan keunggulan satu poin.

Manchester City harus memanfaatkan duel lawan Fulham yang akan berlangsung hari Sabtu (30/3/2019) pukul 19.30 WIB di Stadion Craven Cotagge untuk memberikan tekanan pada Liverpool. Jika bisa meraih kemenangan, maka City akan kembali naik ke puncak. Mereka akan mengoleksi 77 poin. Dengan demikian, Liverpool mau tak mau harus memenangkan pertandingannya melawan Tottenham.

Padahal laga itu jelas tidak mudah karena Spurs juga tim yang kuat. Bos Liverpool, Jurgen Klopp menyadari hal ini. Dia menyebut timnya akan berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan permainan terbaik serta berusaha meraih poin maksimal. Berikut Liputan6.com rangkum klasemen Liga Inggris, Sabtu (30/3/2019).

Manchester City Vs Fulham

Selebrasi gol yang dicetak Sergio Aguero pada laga lanjutan Premier League yang berlangsung di stadion Etihad, Manchester, Minggu (10/2). Manchester City menang 6-0 atas Chelsea. (AFP/Oli Scarff)

Peringkat 19 Fulham akan menjamu peringkat 2 Manchester City pada matchweek 32 Premier League 2018/19, Sabtu (30/3). Berkaca pada performa, City sepertinya bakal pulang membawa tiga angka.

Fulham selalu kalah dalam tujuh laga terakhirnya di Premier League. Sementara itu, City memenangi enam laga terakhirnya di kompetisi ini. Terakhir, sebelum jeda internasional kemarin, Fulham kalah 1-2 menjamu pemimpin klasemen Liverpool.

Satu gol Ryan Babel tak cukup untuk mencegah Liverpool pulang membawa poin penuh. Laga terakhir City di Premier League adalah melawan Watford pada 10 Maret, menang 3-1 lewat hat-trick Raheem Sterling. Dalam pertandingan ini The Citizen diprediksi akan membawa 3 poin dari kandang Fulham.

Liverpool vs Tottenham Hotspur

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) berebut bola dengan pemain Bayern Munchen David Alaba pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Anfield, Liverpool, Inggris, Selasa (19/2). Pertandingan berakhir 0-0. (Peter Byrne/PA Wire/PA via AP)

Pertemuan Liverpool kontra Tottenham Hotspur menjadi duel-duel seru yang banyak dinanti dan sayang untuk dilewatkan. Duel ini penting buat Liverpool, yang masih terus berupaya mempertahankan posisi di puncak klasemen Liga Inggris 2018-2019 selama mungkin.

Saat ini the Reds mengoleksi poin 76, unggul dua poin dari Manchester City yang ada di peringkat kedua. Namun, City masih memilki sisa satu pertandingan lebih banyak ketimbang the Reds.

Hal itu berarti, jika sampai kalah dari Hotspur dan City memenangi pertandingan, mereka bisa menggeser posisi tim asuhan Jurgen Klopp tersebut. Persoalannya, Tottenham Hotspur bukan lawan enteng sekali pun duel nanti dimainkan di Anfield.

Hotspur juga sedang berjuang menyegel tiket ke Liga Champions, bersaing dengan Arsenal dan Manchester United, bahkan Chelsea yang ada di peringkat keenam, untuk masuk ke zona tiga besar. Sementara tim papan atas lainnya, semisal City pada pekan ini bertandang ke markas Fulham, United menjamu Watford, Arsenal menjamu Newcastle United, serta Chelsea menjalani laga tandang ke markas Cardiff City.

Klasemen Liga Inggris Pekan ke-32

Ilustrasi Logo Liga Inggris. (AFP/Jon Super)

1.        Liverpool                           76

2.        Manchester City                 74

3.        Tottenham Hotspur            61

4.        Arsenal                             60

5.        Manchester United             58

6.        Chelsea                            57

17.      Burnley                             30

18.      Cardiff City                        28

19.      Fulham                             17

20.     Huddersfield Town              14

Jadwal Liga Inggris Pekan ini

Striker Obafemi Martins memastikan kemenangan Birmingham City atas Arsenal pada final Piala Liga Inggris 2011. (Telegraph)

Sabtu, 30 Maret 2019

19.30 WIB, Fulham vs Man City

22.00 WIB, Brighton vs Southampton

22.00 WIB, Burnley vs Wolverhampton

22.00 WIB, C Palace vs Huddersfield

22.00 WIB, Leicester City vs Bournemouth

22.00 WIB, MU vs Watford

 

Minggu, 31 Maret 2019

00.30 WIB, West Ham vs Everton

20.05 WIB, Cardiff vs Chelsea

22.30 WIB, Liverpool vs Tottenham

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapat Kartu Transportasi Gratis untuk Jelajah Korea Selatan, Bagaimana Caranya?

Posted: 29 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seperti ke destinasi lain, budget perjalanan ke Korea Selatan kurang lebih terbagi jadi tiga kategori besar. Mereka adalah tiket pesawat pulang-pergi, biaya hidup selama berada di tempat tujuan mencakup akomodasi dan transportasi, serta, kalau mau, budget belanja.

Sisihan dananya tentu sudah harus disiapkan sejak sebelum berangkat. Kali ini, pembahasannya akan fokus pada transportasi selama berada di destinasi, dalam hal ini Korea Selatan.

Public Relation and Media Manager Korea Tourism Organization Jakarta Office Irma Maulida mengatakan, pihak KTO menyediakan kartu transportasi yang bisa didapatkan secara cuma-cuma oleh turis asal Indonesia.

"Jadi, ini sistemnya one for all. Bisa dipakai di bus, subway, dan taksi," katanya pada Liputan6.com di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, kartu transportasi ini ternyata juga bisa dipakai untuk belanja di convenience store di seantro kota. "Sudah kami isi 10 ribu won. Itu berarti sekitar Rp 120 ribu," sambungnya.

Irma menambahkan, kartu tersebut nantinya bisa di top up di Korea Selatan. Penambahan saldo ini bisa dilakukan di beberapa tempat seperti seven eleven, juga memanfaatkan vending machine. Lalu, bagaimana mendapatkan kartu transportasi ini?

"Buat yang berencana ke Korea, sudah beli tiket, sudah semuanya, hubungi KTO buat dapat transportation card ini. Tinggal sertakan fotokopi paspor, visa, tiket, dan resevasi hotel. Submit ke KTO,  nanti bisa ditukar sama T-Money," papar Irma.

Ia juga ingin mengingatkan beberapa aturan tak tertulis yang harus diperhatikan turis Indonesia. Pertama, jangan buang sampah sembarangan dan perhatikan wadah tempat membung sampah, lantaran ada pengelompokkan wadah berdasarkan jenis sampah.

"Yang lagi dan lagi harus diingatin itu, tolong berdiri di sebelah kiri saat naik eskalator. Jangan pernah berdiri di kanan karena itu akan menghalangi mereka yang mau mendahului," Irma menegaskan soal aturan tak tertulis yang harus diperhatikan turis di Korea Selatan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar: Bhayangkara FC vs Arema FC di Piala Presiden 2019

Posted: 29 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi - Bhayangkara FC akan menjamu Arema FC di Stadion Patriot, Bekasi, Sabtu (30/3/2019) pada babak perempat final Piala Presiden 2019. Arema FC bukanlah lawan yang mudah, mereka merupakan juara Piala Presiden, dua musim sebelumnya.

Bhayangkara FC optimistis bisa meraih kemenangan pada laga yang akan ditayangkan Indosiar ini. The Guardians membawa catatan positif saat berlaga di stadion kebanggaan warga Bekasi itu.

Mengacu pada rekor pertemuan kedua tim dalam dua musim terakhir di Liga 1, Arema belum bisa memetik kemenangan ketika bertanding menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot. Bhayangkara FC meraih kemenangan dan hasil imbang di laga kandang menghadapi Singo Edan.

Sementara itu, Arema siap tampil habis-habisan. Pelatih Arema, Milomir Seslija, menegaskan semua pemain yang dibawa ke Bekasi dalam kondisi siap tampil.

Sudah saling mengetahui permainan masing-masing, pelatih asal Bosnia itu harus mengakui tidak akan ada kejutan atau rahasia yang bisa disimpan untuk pertandingan tersebut. Namun, Milo menegaskan tim yang berjuang lebih baik akan menjadi pemenang di akhir pertandingan.

Live streaming Bhayangkara FC vs Arema FC di Piala Presiden 2019 dimulai pukul 15:30 WIB dan disiarkan langsung Indosiar. Dapatkan link live streaming Bhayangkara FC vs Arema FC di halaman selanjutnya.

 

 

 

Link Live Streaming

Untuk link live streaming Bhayangkara FC vs Arema FC, silakan klik di sini...

 

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC (4-3-3): Wahyu Tri Nugroho (kiper); Putu Gede Juni Antara, Indra Kahfi, Anderson Salles, Alsan Sanda (belakang); Hargianto, Wahyu Subo Seto, Rubens da Silva (tengah); Ilham Udin, Dendy Sulistyawan, Vendry Mofu (depan)

Pelatih: Angel Alfredo Vera

Arema FC (4-2-3-1): Kurniawan Kartika Ajie (Kiper); Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Ahmad ALfarizi (belakang); Hendro Siswanto, Pavel Smolyachenko; Dendi Santoso, Makan Konate, Rivaldi Bawuo (tengah): Robert Lima Guimaraes (depan).

Pelatih: Milomir Seslija

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajib Tahu! Informasi Lengkap tentang Bea Cukai

Posted: 29 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bea cukai, pasti Anda sudah sering mendengarnya, kan? Apalagi kalau habis liburan ke luar negeri pasti akan bertemu beberapa orang dari bea cukai memeriksa isi koper yang Anda bawa. Nah, sudah tahu belum apa sebenarnya bea cukai itu sendiri serta fungsi dan kebijakannya?

Kalau Anda sering ke luar negeri pasti tidak asing lagi dengan yang namanya bea cukai, kan? Jalan-jalan ke luar negeri sudah pasti seru. Anda bisa punya pengalaman baru dan bisa membuat pikiran lebih terbuka melihat lingkungan yang berbeda di masing-masing negara. Tapi tidak cuma itu, lo! Anda juga bisa mendapatkan barang-barang yang enggak dijual di Indonesia.

Ini sangat bagus untuk dijadikan lahan bisnis. Anda bisa buka jasa titip (jastip) usaha yang sedang marak dilakukan kaum milenial. Biasanya pelaku jasa titip mengambil untung sekitar 25-30 persen dari harga beli barang. Lumayan banget, kan?

Sebagai pelaku jasa titip, biasanya akan berurusan dengan bea cukai, karena barang-barang yang Anda beli dari luar negeri. Nah, sebelum memulainya Anda harus ketahui dulu apa sih sebenarnya bea cukai itu, serta fungsi dan kebijakannya. Simak ulasannya, seperti dikutip dari TunaiKita.

Bea Cukai: Pengertian, Fungsi, dan Kebijakan yang Harus Dipahami

Sebuah lembaga, pelaku bisnis perdagangan hingga masyarakat umum tentunya tahu kalau urusan ekspor impor atau impor barang sangat berkaitan erat dengan bea cukai atau dalam lembaga yang mengaturnya disebut kepabeanan.

Namun, tidak sedikit orang yang sering berurusan dengan bea cukai tidak mengetahui informasi mengenai bea cukai sendiri.

Agar pengetahuan Sobat semakin bertambah, simak ulasan bea cukai berikut yang sudah dirangkum dari laman resmi bea cukai, yuk!

1. Pengertian Bea Cukai

Lembaga Bea cukai ini bukanlah sebuah istilah yang memiliki satu pengertian, melainkan dua istilah yang juga memiliki pengertian yang berbeda.

Bea merupakan suatu tindakan pungutan dari pemerintah terhadap barang ekspor atau impor, sedangkan cukai merupakan pungutan negara kepada suatu barang yang memiliki sifat atau karakteristik yang sudah ditetapkan dalam Undang-Undang Cukai.

Jadi, bila bea cukai digabungkan memiliki pengertian suatu tindakan pungutan pemerintah terhadap barang ekspor dan impor serta suatu barang yang memiliki karakteristik khusus.

Nah, itulah mengapa untuk Anda yang ingin bisnis jasa titip sudah pasti akan berurusan dengan bea cukai. Karena membeli barang dari luar negeri yang berarti mengimpor barang-barang tersebut dan menjualnya.

2. Kebijakan Ditjen Bea Cukai

Bea Cukai akan memberlakukan secara penuh penggunaan sistem aplikasi Pemasukan dan Pengeluaran barang ke dan dari Pusat Logistik Berikat dalam rangka Ekspor dan/atau Transhipment (P3BET) pada 1 Januari 2019. Dok Bea dan Cukai.

Ditjen Bea Cukai menetapkan rangkaian peraturan untuk melaksanakan tugas dan fungsi utamanya dengan baik. Dalam tugasnya tersebut dilakukan atas Dasar Hukum Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 203/PMK.03/2017 Tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa oleh Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut.

Bidang Ekspor

1. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan Undang-Undang No. 16 Tahun 1995 tentang Kepabeanan.

2. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2008 tentang Pengenaan Bea Keluar Terhadap Barang Ekspor.

3. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 145/PMK.04/2007 jo. PMK No.148/PMK.04/2011 jo. PMK No. 145/PMK.04/2014 tentang Ketentuan Kepabeanan di Bidang Ekspor.

4. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 214/PMK.04/2008 jo. PMK No. 146/PMK.04/2014 jo PMK No. 86/PMK.04/2016 tentang Pemungutan Bea Keluar.

5. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 224/PMK.04/2015 tentang Pengawasan Terhadap Impor atau Ekspor Barang Larangan dan/atau Pembatasan.

6. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 13/PMK.010/2017 tentang Penetapan Barang Ekspor yang Dikenakan Bea Keluar dan Tarif Bea Keluar.

7. Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-32/BC/2014 jo. P-07/BC/2009 jo. PER-18/BC/2012 jo. PER-34/BC/2016 tentang Pemberitahuan Pabean Ekspor.

Bidang Cukai

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (25/10). Kebijakan ISRM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi pelayanan dan efektifitas pengawasan dalam proses ekspor-impor. (Liputan6.com/Immaniel Antonius)

1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1995 tentang Cukai yang telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2007 tentang Perubahan tersebut.

2. Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 62/PMK.011/2010 tentang Tarif Cukai Etil Alkohol, Minuman Yang Mengandung Etil Alkohol, Dan Konsentrat Yang Mengandung Etil Alkohol.

3. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.011/2009 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

4. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 99/PMK.011/2010 tentang Perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181/PMK.011/2009 tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau.

5. Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor: P-43/BC/2009 tentang Tata Cara Penetapan Tarif Cukai Hasil Tembakau.

6. Peraturan Direktur Jenderal Pajak Bea dan Cukai Nomor: P - 22/BC/2010 tentang Tata Cara Pemungutan Cukai Etil Alkohol, Minuman Mengandung Etil Alkohol, dan Konsentrat Mengandung Etil Alkohol.

Dasar Hukum tersebut dipatuhi Ditjen Bea Cukai untuk melakukan perlindungan terhadap industri yang taat terhadap pajak maupun industri UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) hingga mengupayakan untuk melakukan penyeleksian ketat dan memusnahkan terhadap berbagai produk palsu, tidak resmi atau ilegal juga produk yang dilarang masuk ke negara Indonesia, seperti narkotika.

Pada September 2018, Ditjen Bea Cukai merubah aturan impor barang melalui e-commerce dengan menyesuaikan aturan nilai minimal pembebasan bea masuk (de minimis value) dan pajak dalam rangka impor (PDRI) terkait barang kiriman yang menurun menjadi USD 75 dari jumlah awal USD 100.

Perubahan ini mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 112/PMK.04/2018 yang merupakan perubahan atas PMK Nomor 183/PMK.04/2016 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.

Hal ini dilakukan Ditjen Bea Cukai untuk menghindari adanya oknum-oknum yang melakukan kecurangan dengan splitting atau sengaja memecah barang impor ke banyak dokumen agar tidak terkena biaya pajak.

Tugas dan Fungsi Utama Ditjen Bea Cukai

Penyesuaian tarif PPH Pasal 22 Impor akan resmi berlaku mulai 13 September 2018 pukul 00.01 WIB.

Adanya kebijakan yang sudah dibuat, maka tugas yang dilakukan Ditjen Bea dan Cukai, yaitu menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pengawasan, penegak hukum, pelayanan dan optimalisasi penerimaan peraturan perundang-undangan.

Untuk itu, tugas dan fungsi bea cukai, diantaranya:

1. Meningkatkan pertumbuhan industri dalam negeri melalui pemberian fasilitas di bidang kepabeanan dan cukai yang tepat sasaran.

2. Mewujudkan iklim usaha dan investasi yang kondusif dengan memperlancar logistik impor dan ekspor melalui penyederhanaan prosedur kepabeanan dan cukai serta penerapan sistem manajemen risiko yang handal.

3. Melindungi masyarakat, industri dalam negeri dan kepentingan nasional melalui pengawasan dan/atau pencegahan masuknya barang impor dan keluarnya barang ekspor yang berdampak negatif dan berbahaya yang dilarang dan/atau dibatasi oleh regulasi.

4. Melakukan pengawasan kegiatan impor, ekspor dan kegiatan di bidang kepabeanan dan cukai lainnya secara efektif dan efisien melalui penerapan sistem manajemen risiko yang handal, intelijen, dan penyidikan yang kuat, serta penindakan yang tegas dan audit kepabeanan dan cukai yang tepat.

5. Membatasi, mengawasi dan/atau mengendalikan produksi, peredaran dan konsumsi barang tertentu mempunyai sifat dan karakteristik dapat membahayakan kesehatan, lingkungan, ketertiban dan keamanan masyarakat melalui instrumen cukai yang memperhatikan aspek keadilan dan keseimbangan, dan

6. Mengoptimalkan penerimaan negara dalam bentuk bea masuk, bea keluar dan cukai guna menunjang pembangunan nasional.

Jadilah Masyarakat Indonesia yang Taat Kebijakan

Anda tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan jasa titip, selama sudah paham tentang kebijakan dan aturan yang berlaku pada bea cukai, maka urusan ekspor dan impor barang bisa dipastikan tidak akan mengalami kendala yang sulit. Bravo bea cukai!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dipanggil Bumil, Kartika Putri: Doain Ya...

Posted: 29 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Putri dan Olla Ramlan, tampak kompak mengenakan hijab hitam. Keduanya memang sedang terlibat dalam peragaan busana baju muslim.

Kebersamaan ini diabadikan dalam sebuah foto yang diunggah di akun Instagram Kartika Putri dan Olla Ramlan.

Mereka sama-sama memberikan sebuah keterangan untuk foto tersebut. Namun, tulisan Olla Ramlan yang menjadi fokus warganet.

Lantaran, Olla Ramlan menyebut Kartika Putri dengan bumil alias ibu hamil. Benarkah Karput tengah berbadan dua?

 

Disengaja?

Olla Ramlan (Foto: Instagram)

"Ketemu si bumil cantik sholehah...Sehat bahagia terus sama habib ya sayang...," tulisnya.

Entah disengaja atau tidak Olla Ramlan memanggil Kartika Putri dengan bumil.

 

Minta Doa

[Foto: Instagram Kartika Putri]

Sayangnya, Kartika Putri tak menjawab panggilan Olla Ramlan tersebut. Namun, ia meminta doa melalui kolom komentar.

"Aamiin mamii doain yaa," jawab Kartika Putri.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sampdoria Vs AC Milan: Motivasi Besar Rossoneri

Posted: 29 Mar 2019 09:20 PM PDT

Jakarta AC Milan akan menghadapi Sampdoria di Stadio Luigi Ferraris pada giornata 29 Serie A 2018-2019, Minggu (31/3/2019) dini hari WIB. Milan berambisi memetik kemenangan di kandang lawan, meski Il Samp bukan lawan mudah.

Sampdoria saat ini menempati posisi sembilan klasemen sementara. Sampdoria memenangi tiga dari empat laga terakhirnya di Serie A, termasuk 5-3 melawan tuan rumah Sassuolo sebelum jeda internasional.

Sampdoria bisa merepotkan, terutama striker veteran mereka - Fabio Quagliarella. Dia saat ini bahkan memimpin daftar top scorer sementara dengan torehan 21 golnya. Dia unggul dua gol atas Cristiano Ronaldo (Juventus) dan Krzysztof Piatek dari Milan.

Quagliarella baru saja mengukir sejarah sebagai pencetak gol tertua dalam sejarah tim nasional Italia (36 tahun dan 54 hari). Dia melakukannya ketika memborong dua gol dalam kemenangan 6-0 Azzurri atas Liechtenstein di kota Parma. Quagliarella sedang bersemangat. Dia pun tentu termotivasi untuk menambah pundi-pundi golnya, terlebih karena Ronaldo harus absen pekan ini akibat cedera.

Namun Quagliarella punya rekor buruk melawan AC Milan. Sejauh ini, dia baru pernah mencetak dua gol dalam 25 penampilan kontra Rossoneri di semua ajang.

Jika bicara motivasi menang, Milan jelas tidak kalah. Itu adalah cara terbaik untuk melupakan kekalahan pahit dari Inter Milan sebelum jeda internasional kemarin, yang memutus catatan unbeaten 10 laga mereka di Serie A.

Piatek, yang di Serie A musim ini telah mencetak 13 gol untuk Genoa dan enam gol untuk Milan, juga tampil impresif saat jeda internasional. Piatek mencetak gol tunggal penentu kemenangan Polandia atas Austria.

Selain Piatek, beberapa pemain AC Milan lain pun tampil mengesankan dengan tim nasional mereka masing-masing. Termasuk di antaranya adalah Lucas Paqueta bersama Brasil dan Hakan Calhanoglu bersama Turki.

Komposisi Pemain

Krzysztof Piatek (AFP/Marco Bertorello)

Prakiraan Susunan Pemain

Sampdoria (4-3-1-2): Audero; Murru, Colley, Andersen, Sala; Jankto, Paret, Linetty; Ramirez; Gabbiadini, Quagliarella

Pelatih: Marco Giampaolo

AC Milan (4-3-3): G Donnarumma; Rodriguez, Romagnoli, Musacchio, Calabria; Paqueta, Bakayoko, Kessie; Calhanoglu, Piatek, Suso

Pelatih: Gennaro Gattuso

 

5 Pertemuan Terakhir

13-01-2019 Sampdoria 0-2 Milan (Coppa Italia)

29-10-2018 Milan 3-2 Sampdoria (Serie A)

19-02-2018 Milan 1-0 Sampdoria (Serie A)

24-09-2017 Sampdoria 2-0 Milan (Serie A)

05-02-2017 Milan 0-1 Sampdoria (Serie A)

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Debat Keempat Polisi Pasang Alat Pendeteksi Wajah

Posted: 29 Mar 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian pengamanan dalam debat pilpres keempat akan lebih ketat. Polisi akan pasang CCTV Mobile dan Face Recognition.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Unik Honda Menggoda Arek Suroboyo

Posted: 29 Mar 2019 09:07 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Honda Surabaya Center, main dealer resmi Honda wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara meluncurkan program spesial #2019PilihHondaBaru untuk berbagai produk unggulannya pada ajang GIIAS Surabaya Auto Show 2019 di Grand City Convention and Exhibition yang berlangsung mulai 29 Maret - 7 April 2019. 

"Honda menampilkan 6 produk unggulan di GIIAS Surabaya Auto Show 2019, yaitu New Honda Civic Turbo, New Honda Mobilio RS,  All New Honda CR-V Turbo Prestige, New Honda HR-V Soesial Edition, New Honda BR-V Prestige AlI New Honda Brio RS," tutur President Director Honda Surabaya Center, Ang Hoey Tiong, Jumat (29/3/2019).

Dia mengatakan, setiap tahunnya Honda selalu konsisten dalam membawa produk - produk terbaiknya pada ajang bergengsi GIIAS Surabaya Auto Show.

"Tahun ini, kami ingin memberikan kejutan berbeda kepada konsumen dengan meluncurkan program penjualan spesial #2019PilihHondaBaru yang tidak hanya akan memberikan kegembiraan kepada konsumen dengan berbagai bonus istimewa ketika membeli mobil Honda," katanya.

Honda menargetkan penjualan mencapai 425 unit pada semua produk di ajang GIIAS Surabaya Auto Show 2019 di Grand City Convention and Exhibition yang berlangsung mulai 29 Maret sampai 7 April 2019.

 

Selanjutnya

Namun target paling besar untuk Honda Brio. Dimana dari angka yang dipatok, 40 sampai 50 persen untuk penjualan Honda Brio. Sedangkan sisanya untuk produk yang lain seperti Honda Civic Turbo, Honda Mobilio, Honda CRV dan Honda BR-V Prestige.

Marketing and After Sales Service Director Honda Surabaya Center, Wendy Miharja, menjelaskan setiap tahunnya Booth Honda mendapat antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat berkat inovasi dan penyegaran produk serta program yang ditawarkan.

"Konsumen akan semakin mantap membeli mobil honda. Kami menargetkan 425 SPK (unit) penjualan dalam pameran (GIIAS) ini. Berbagai bonus tambahan selama pameran untuk konsumen yang ditawarkan," kata Wendy.

Salah satunya seperti bonus langsung emas 5 gram dan uang elektronik. Dimana konsumen yang membeli mobil honda tipe apapun selama pameran akan mendapat emas dan uang elektronik senilai Rp 1 juta. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jaksa Agung AS Siap Rilis Laporan Robert Mueller Pertengahan April atau...

Posted: 29 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington, D.C. - Jaksa Agung William Barr pada Jumat 29 Maret 2019 mengatakan Departemen Kehakiman sedang mempersiapkan versi yang sudah siap dipublikasikan, dari laporan rahasia jaksa penyidik khusus Robert Mueller setebal hampir 400 halaman tentang penyelidikan yang dilakukannya terhadap campur tangan Rusia dalam pemilu presiden Amerika tahun 2016. Ia juga menyatakan siap merilisnya pada pertengahan April atau bahkan lebih cepat lagi.

Dalam surat kepada Ketua Komite Kehakiman di DPR dan Senat, Barr menulis bahwa jaksa penyidik khusus Robert Mueller membantu Departemen Kehakiman untuk mengkaji laporan dari bahan grand jury rahasia itu dan informasi rahasia lainnya.

"Melihat kemajuan yang kami capai, kami siap merilis laporan itu pada pertengahan April, atau lebih cepat lagi," ujar Barr dalam surat kepada Ketua Komite Kehakiman DPR Jerrold Nadler, yang juga anggota faksi Demokrat dari negara bagian New York; dan juga kepada Ketua Komite Kehakiman Senat Lindsey Graham, yang juga anggota faksi Republik dari negara bagian South Carolina seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (30/3/2019).

Barr menambahkan ia tidak berencana menyampaikan laporan itu kepada Gedung Putih setelah mendapat lampu hijau dari Presiden Trump, bahkan Trump menurutnya menyerahkan kepadanya untuk merilis laporan itu dalam bentuk yang dianggap tepat.

"Meskipun Presiden Trump berhak menegaskan hak-hak istimewanya pada sebagian laporan itu, ia telah menyampaikan secara terbuka bahwa ia berniat menyerahkannya kepada saya. Oleh karena itu tidak ada rencana untuk menyerahkan laporan itu ke Gedung Putih untuk dikaji terlebih dulu," tulis Barr.

Kongres Libur Musim Semi 12-28 April

Kongres akan reses selama dua minggu pada 12-28 April, sehingga kemungkinan laporan itu akan disampaikan kepada para anggota Kongres di luar kota.

Jaksa penyidik khusus Robert Mueller menyelesaikan penyelidikannya selama 22 bulan terhadap campur tangan Rusia dalam pemilu presiden Amerika pada tahun 2016, dan menyerahkannya kepada Jaksa Agung William Barr Jumat lalu 22 Maret. Dalam laporan final itu ia menyatakan bahwa tidak ada bukti Trump atau siapapun yang terkait dengan tim kampanye presidennya tahun 2016 yang berkonspirasi dengan pemerintah Rusia untuk membantu kemenangan Trump.

Tetapi Mueller tidak menjawab pertanyaan apakah Trump telah menghalangi jalannya penyelidikan itu.

Kesimpulan laporan yang ditulis Barr dan disampaikan kepada Kongres memicu kecaman keras dari faksi Demokrat dan sejumlah kritikus, karena "menyimpulkan" laporan setebal 400 halaman itu menjadi empat halaman saja, dan memastikan bahwa Trump tidak mengganggu jalannya penyelidikan karena tidak terlibat dalam "kejahatan mendasar" terkait upaya campur tangan Rusia dalam pemilu presiden itu.

Barr akhirnya berjanji akan merilis laporan Robert Mueller itu setelah ketua dari enam komite di DPR yang dikuasai oleh Demokrat memberikan tenggat waktu hingga 2 April kepadanya untuk merilis laporan lengkap dan menyerahkan bukti-bukti mendasar yang digunakan Mueller untuk menulis laporannya.

Saksikan juga video berikut ini:

 

Tenggat Pengiriman Laporan Lengkap 2 April

Presiden AS Donald Trump bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (AP/Martinez Monsivais)

Dalam pernyataan hari Jumat, Nadler menegaskan tenggat yang disampaikannya. "Sebagaimana yang saya sampaikan kepada Jaksa Agung awal minggu ini, Kongres menghendaki laporan Mueller yang lengkap dan menyeluruh, bukan laporan yang ditulis ulang atau di-edit, dan juga seluruh akses pada bukti-bukti yang disampaikan; selambat-lambatnya pada 2 April," tegasnya.

Trump telah berulangkali menyebut kesimpulan Barr atas laporan Mueller itu "benar-benar membebaskannya dari seluruh tuduhan" dan bahwa ia baik-baik saja jika laporan itu disampaikan kepada publik.

Dalam surat kepada Nadler dan Graham, Barr mengatakan ia siap memberikan kesaksian di hadapan Komite Kehakiman Senat pada 1 Mei dan di hadapan Komite Kehakiman DPR pada 2 Mei. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siap-Siap, Durian asal Banjarnegara Ini Bakal Ngehits

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Banjarnegara - Bicara durian, sepertinya tak afdol jika tak menyebut Banjarnegara. Di kabupaten yang sebagian wilayahnya berada di pegunungan ini, lahir ragam durian lokal yang kelezatannya dikenal luas.

Memang, pamor durian Banjarnegara kini masih kalah dibanding durian-durian asal Gunungpati, Semarang atau bahkan dari tetangganya, Banyumas, tempat kelahiran durian Kromo atau kini lebih dikenal sebagai durian Bawor.

Tetapi, Banjarnegara memiliki durian unggul nasional, yakni durian Simimang dan Samping yang kini telah disertifikatkan sebagai plasma nutfah asli Banjarnegara. Pemerintah Daerah juga berencana untuk mematenkan durian-durian unggul lain di luar dua durian ini.

Sepertinya, semangat untuk mematenkan durian unggul lokal Banjarnegara akan lebih kuat usai durian-durian Banjarnegara merajai ajang Festival Buah 4 yang diadakan Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah, awal Maret 2019 lalu. Durian lokal Banjarnegara menyabet beberapa kategori sekaligus.

Uniknya, semuanya berasal dari dari Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara. Durian dari kecamatan ini meraih juara 1, 2 dan 3 pada lomba buah durian. Dua di antaranya, juara 1 dan 2 bahkan berasal dari desa sama, Desa Singamerta Kecamatan Sigaluh.

Adalah Rustono, petani dari Desa Singamerta Kecamatan Sigaluh berhasil membawa durian Sibodong miliknya menjadi jawara pada festival itu. Durian Sibodong berhasil menyisihkan 54 durian lain dari berbagai daerah di Jawa Tengah yang menjadi peserta festival.

"Juara 1 durian Sibodong, juara 2 durian dari Ndirun Desa Singamerta dan juara 3 juga dari Sigaluh. Itu dari Kecamatan Sigaluh semua," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Pohon Tua Penghasil Cuan

Pohon durian Bawor berusia muda sudah mulai berbuah. (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Meski yakin dengan potensi durian Sibodong miliknya, Rustono sebenarnya tak ingin jumawa. Karenanya, ia juga membawa durian lain dari kebunnya, Sibogor. Sebab, ia mesti bersaing dengan puluhan durian unggul dari wilayah lain yang juga dikenal sebagai penghasil durian unggul.

Ia sebenarnya lebih mengunggulkan durian Sibogor yang juga diikutkan dalam lomba itu. Nyatanya, juri menilai bahwa Sibodong adalah durian terbaik yang pantas menyandang juara.

Durian Sibodong memiliki karakter rasa yang khas. Legit buah ini terasa lebih panjang saat menyentuh lidah. Rasanya dominan manis, dengan kecapan pahit samar. Tekstur daging buah lembut layaknya mentega. Awarna daging terang kekuningan.

"Kalau tebal daging sedang, ada yang bijinya kecil ada yang sedang. Tapi karakter rasanya itu, manisnya panjang," dia menerangkan.

Di pasaran durian, Sibodong juga sudah cukup populer. Bahkan, untuk mencicipi lezatnya durian itu masyarakat meski memesan terlebih dahulu. Maklum, durian ini hanya dihasilkan dari sebuah pohon tua di kebun milik Rustono.

Apalagi, tahun ini pohon tua itu hanya mampu berbuah 300 butir. Dari pohon yang sama, Rustono pernah memanen 800 buah durian dari satu pohon tersebut. Karenanya, ketersediaan durian ini sangat tergantung dari banyak tidaknya buah.

Lantaran kekhasannya, durian Sibodong berharga lebih tinggi dari durian lokal lainnya. Satu kilogram durian Sibodong dihargai Rp 70 ribu sampai Rp 80 ribu. Dengan harga itu, Rustono masih kewalahan melayani permintaan yang membludak.

Durian oranye, durian lokal berpenampilan menarik dan rasa unik. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Martina, Durian Rupawan Asal Dusun Ndirun

Tak jarang ia menolak permintaan pelanggan yang ingin membeli lantaran kehabisan stok. Apa daya, tahun ini, pohon tuanya tak terlampau banyak menghasilkan buah.

"Ini juga bingung banyak yang minta," ujarnya.

Seperti dibilang di muka, juara kedua festival durian Jawa Tengah juga disabet oleh durian asal Desa Singamerta. Ini lah durian yang diberi nama Martina, asli Dusun Ndirun desa Singamerta.

Seperti namanya yang cantik, durian Martina memang berpenampakan menarik. Durian Martina memiliki bentuk luar bulat dengan kulit cerah kekuningan, serta bertangkai besar. Berat rata-rata buah perbutirnya antara 1,5 hingga tiga kilogram.

Adapun isinya, daging buah ini berwarna kuning dengan biji kecil. Tekstur daging pun kering lumer sehingga terasa lezat di lidah. "Manis pahitnya seimbang," ucap Eko.

Sebelumya, Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menegaskan bakal mematenkan durian unggul asal Banjarnegara. Ia ingin semua jenis durian lokal yang ada di Banjarnegara dipatenkan. Hal itu dilakukan agar durian lokal unggulan Banjarnegara tak menjadi "trade mark" daerah lain.

"Berdasarkan laporan yang saya terima, baru tiga jenis durian yang telah dipatenkan. Padahal kita masih punya banyak jenis yang lain," ucap bupati, saat gelar promosi produk unggulan desa, di Desa Karangmangu Kecamatan Sigaluh, Rabu (20/02/2019).

Dia meminta agar jajaran OPD di Banjarnegara belajar dari kabupaten tetangga yang kehilangan merk sebagai penghasil duku unggulan. Lantaran tak segera dipatenkan, duku itu lantas diklaim daerah lainnya.

"Jangan sampai terjadi seperti itu, kita harus gerak cepat," dia menegaskan.

Untuk menyeleksi durian yang hendak dipatenkan, cara paling populer adalah dengan kontes atau festival durian. Dari kontes itu, akan teridentifikasi durian unggul yang memenangi lidah dan hati penikmat durian.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

13 Tips Jitu Mengecilkan Perut Buncit Tanpa Perlu Olahraga (1)

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang dengan perut buncit menginginkan perut lebih ramping tapi malas berolahraga. Kata sains, mungkin saja mendapatkan perut rata tanpa olahraga, tapi hasilnya memang tidak semaksimal bila diiringi dengan olahraga.

Berikut perubahan-perubahan kecil yang bisa Anda lakukan membuat perut rata jadi lebih ramping seperti dilansir Good Housekeeping, Sabtu (30/3/2019).

1. Hindari tidur larut malam

Bagi Anda yang biasa tidur tengah malam, coba hindari. Tidurlah lebih awal untuk mencegah Anda makan camilan malam-malam. Selain itu, tidur tidak terlalu malam membuat sistem metabolisme tubuh lancar, pembakaran kalori pun sempurna. Satu lagi, pastikan tidur cukup sekitar tujuh jam bagi orang dewasa.

2. Jangan lewatkan makan

Salah satu cara membuat metabolisme tubuh meningkat yakni dengan makan setiap tiga-empat jam sekali. Termasuk tidak boleh melewatkan sarapan. Riset menunjukkan mereka yang melewatkan sarapan jadi gampang lapar di siang hari. Alhasil, makan siang dengan kalori berlebihan karena ingin makan ini dan itu.

3. Jaga postur selalu tegak

Postur tubuh tegak punya banyak keuntungan. (Foto: well-woman.org)

Selalu berdiri maupun duduk dalam posisi tegak seperti disarankan pelatih olahraga The Biggest Loser, Kim Lyons.

"Ketika postur tubuh Anda baik, otomatis akan membuat otot-otot perut bekerja," kata Kim.Jika sering lupa menjaga postur tubuh, tulis di kertas sebagai pengingat.

4. Jangan kurang minum

Saat tubuh terhidrasi, perut terasa lebih kenyang. Sehingga tidak membuat rasa lapar.

5. Konsumsi buah dan sayur kaya air

Jika terbiasa makan gorengan, coba ganti dengan makanan lebih sehat seperti buah dan sayur kaya air seperti disampaikan ahli nutris Jaclyn London.

Kehadiran sayur dan buah yang kaya serat juga air membuat perut kenyang lebih lama. Keinginan untuk makan camilan lain pun berkurang.

6. Minum kopi tanpa gula

6. Minum kopi tanpa gula

"Kopi adalah diuretik alami yang membantu menghilangkan kelebihan air dalam tubuh. Efek dari kopi juga membuat usus tetap bergerak. Gerakan usus yang teratur membantu perut tetap rata," kata London.

7. Camilan kacang

Riset menunjukkan konsumsi segenggam kacang-kacangan setiap hari menurunkan lingkar pinggang. Kacang merupakan salah satu sumber lemak baik. Tapi untuk mendapatkan manfaatnya pastikan pilih yang dengan kadar garam sedikit ya.

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Piala Presiden 2019: Bhayangkara FC vs Arema FC di Indosiar

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua tiket semifinal Piala Presiden 2019 sudah dikantongi oleh Persebaya Surabaya dan Kalteng Putra. Hari ini, Sabtu (30/3/2019), Bhayangkara FC akan berebut satu tiket ke semifinal Piala Presiden 2019 melawan Arema FC.

Pelatih Bhayangkara FC, Angel Alfredo Vera mengatakan, pertandingan tidak boleh ditentukan dalam drama adu penalti. Dia yakin anak asuhnya bisa menyelesaikan dalam waktu normal.

"Kami tetap mempersiapkan diri untuk melakukan penalti. Kami sudah melakukannya dalam latihan. Namun, menurut saya pertandingan ini nanti bisa selesai dalam waktu 90 menit saja," ujar pelatih asal Argentina itu.

Sementara itu, Arema FC sudah siap tempur. Sang pelatih, Milomir Seslija sudah menyiapkan strategi khusus melawan juara Liga 1 2017 tersebut.

"Semua pemain siap menghadapi pertandingan ini. Tidak ada pemain yang harus absen pada pertandingan ini. Semua siap untuk dimainkan pada pertandingan di kandang Bhayangkara," katanya.

Lihat jadwal perempat final Piala Presiden 2019 di halaman selanjutnya.

 

Jadwal Piala Presiden 2019

Bhayangkara FC Vs Arema FC

Live Indosiar

Sabtu, 30 Maret 2019

Pukul 15.30 WIB

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Dhawiyah Zaida Kecewa Tak Dianggap Keluarga oleh Elvy Sukaesih

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perseteruan Elvy Sukaesih dengan putrinya, Wirdha Sylvina, belum juga selesai. Konflik keduanya terjadi saat suami Wirdha Sylvina, Zecky Alatas, tiba-tiba mundur menjadi pengacara Dhawiyah Zaida saat tengah tersandung kasus hukum terkait penyalahgunaan narkoba.

Akibatnya, Elvy Sukaesih, yang merasa sangat kecewa dengan Wirdah Sylvina dan juga suaminya, sudah tak lagi menganggap keduanya sebagai anak. Tak hanya itu, Elvy Sukaesih  juga melarang Wirdha untuk bertemu dengan Dhawiyah Zaida, baik saat proses persidangan, menjalani rehabilitasi sampai menikah pada 29 Maret 2019 kemarin.

Sebagai anak, Wirdha merasa kecewa dengan sikap ibunya yang sudah tak lagi menganggap dirinya. Terlebih Elvy Sukaesih menuduh dirinya telah mempermalukan nama besar keluarga, saat suaminya tak mau menjadi pengacara Dhawiyah Zaida

"Kalau dibilang kecewa ya kecewa yah. Bingung kan kalau saya dibilang mengecewakan dan mempermalukan keluarga. Makanya ada kesepakatan untuk tidak mengundang. Saya mau tanya, saya mempermalukan apa? Saya ngapain?," ujar Wirdha, di kawasan Kapten P Tendean Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Provokasi

Kabar mengejutkan datang keluarga Ratu Dangdut, Elvy Sukaesih. Lantaran sang putri Dhawiya Zaida ditangkap pihak kepolisian lantaran kepemilikan narkoba. (Foto: instagram.com/elvy_sukaesih)

Wirdha, menduga ada orang yang memprovokasi ibunya agar benci dengan dirinya. Sebab yang ia tahu, ibunya tidak memiliki jiwa pendendam seperti sekarang ini.

"Udah pasti lah. Kalo aku sih yakin Umi tuh enggak begini. 'Mi aku tahu kelebihannya plus kekurangannya Umi'. Jadi tolong dong kakak yang sebelah sana, yang katanya kakak, udah dong jangan terlalu cari-cari. Gimana enggak mau saya anggap jahat, harusnya kan dia yang menjembatani," ujar Wirdha.

Harapan

Pengadilan Negeri Jakarta Timur memvonis putri ratu dangdut Elvy Sukaesih, Dhawiya Zaida selama 1,5 tahun rehabilitasi terkait kas...

Wirdha berharap hubungannya dengan sang ibu bisa kembali seperti sedia kala. Ia membantah mengenai isu dirinya tak mau meminta maaf pada ibundanya.

"Bohong kalau ada yang bilang saya enggak mau minta maaf dan maunya Umi yang minta maaf. Saya enggak pernah ngomong gitu. Saya punya hati, saya butuh menata hati dulu karena yang Umi dan keluarga lakukan itu bukan hal kecil yang bisa dilupakan gitu aja," kata Wirdha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Ibu yang Dorong Anak dari Mobil Mengaku Khilaf

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang menunjukkan aksi seorang ibu berlaku kasar terhadap anaknya hingga kini masih menjadi perbincangan viral pengguna jejaring sosial. Ibu yang terekam mendorong putrinya yang memakai seragam Sekolah Dasar (SD) keluar dari mobil akhirnya memberikan klarifikasi atas video viral tersebut.

Ibu bernama Wati itu meminta maaf dan merasa khilaf melalui video yang diunggah akun Instagram @humas_polres_malang_kota.

Artikel tentang video dorong putrinya viral, ibu khilaf dan minta maaf menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler, tentang makanan yang sebabkan penuaan dini.

Adapun artikel ketiga terpopuler mengenai menebak kepribadian dari gaya swafoto.

1. Video Dorong Putrinya Viral, Ibu Khilaf dan Minta Maaf

foto: twitter/@notannette

Ibu yang diketahui bernama Wati itu akhirnya meminta maaf dan mengakui perbuatannya. Akun Instagram @humas_polres_malang_kota pun membagikan video ketika si ibu membuat pernyataan atas aksinya tersebut.

Selengkapnya...

2. Gula hingga Daging Olahan, 8 Makanan Ini Sebabkan Penuaan Dini

Resep kentang goreng renyah./Copyright unsplash.com/christian bolt

Beberapa makanan yang Anda konsumsi mungkin terlihat tak berbahaya pada awalnya. Padahal, bila dikonsumsi secara rutin, dapat memberi efek negatif pada tubuh.

Selengkapnya...

3. Menebak Kepribadian Seseorang Lewat Gaya Swafoto

Ilustrasi Orang lagi selfie (iStockPhoto)

Swafoto menjadi hal yang kerap dilakukan banyak orang setiap hari. Baik pria maupun wanita dari berbagai kalangan kerap mengabadikan foto mereka melalui swafoto. Terlebih lagi ketika mereka sedang berlibur ke suatu tempat.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aksi Pria Terjun Payung Bertelanjang Dada di Cuaca Ekstrem

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang mantan perwira militer Rusia terjun payung di suhu minus 50 derajat celcius. Tidak hanya itu, ia melakukan olahraga ekstrim itu dengan bertelanjang dada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Dinilai Rasis dalam Menampikan Iklan Perumahan

Posted: 29 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat (AS) menuding Facebook menjual iklan perumahan yang mendiskriminasikan orang berdasarkan ras. Hal ini dianggap telah melanggar undang-undang mengenai perumahan.

Departemen Perumahan dan Pengembangan Daerah Urban AS menilai, Facebook telah membatasi sejumlah pengguna melihat iklan perumahaan berdasarkan pada asal, agama, status keluarga, jenis kelamin, dan kecatatan.

Pihak Facebook sendiri mengatakan telah bekerja sama degan otoritas yang dimaksud untuk mengatasi masalah ini. Facebook juga terkejut dengan tudingan rasis yang dialamatkan pada mereka.

Pasalnya, Facebook mengaku telah melakukan langkah-langkah signifikan untuk mencegah adanya iklan yang diskriminatif pada platform mereka.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Jumat (29/3/2019), Facebook menyebut, "pemerintah bersikeras mengakses informasi-informasi sensitif seperti data pengguna, tanpa penjagaan yang cukup."

Facebook pun menyebutkan pihaknya bersedia menyediakan laporan agregasi, namun bukan informasi pribadi milik penggunanya.

Departemen perumahan mengklaim, Facebook telah menambang data pengguna kemudian menggunakan teknologi machine learning untuk memprediksi respon pengguna terhadap iklan yang ditayangkan.

Tidak hanya itu, Facebook dituding memakai ras sebagai salah satu karakteristik pengelompokan. Juru bicara departemen perumahan menolak berkomentar mengenai masalah ini.

 

Sepakat Untuk Rombak Iklan

Ilustrasi Facebook. Dok: theverge.com

Namun, raksasa media sosial itu telah sepakat untuk merombak iklan berbayarnya sebagai bagian dari penyelesaian luas dengan kelompok-kelompok hak sipil AS, terkait dengan lima gugatan hukum yang menuding perusahaan melakukan diskriminasi dalam periklanan.

Memang menurut undang-undang perumahan setempat, adalah hal ilegal saat melakukan pembatasan iklan berdasarkan ras, agama, jenis kelamin, atau klasifikasi sejenis.

Facebook pun sepakat untuk membuat portal iklan baru yang terhubung dengan perumahan dan membatasi opsi penargetan hanya dengan kriteria pekerjaan.

Facebook juga berkomitmen membangun tools yang memungkinkan pengguna mencari semua iklan perumahan yang ada di Amerika Serikat, terlepas apakah iklan ditargetkan kepada mereka atau tidak.

Sebelumnya, pemerintah mengatakan Facebook memungkinkan pengiklan untuk tidak melibatkan orang-orang yang data jaringan sosialnya diklasifikasikan sebagai orangtua, bukan berdasarkan rasialisme atau hal terkait kepentingan kelas.

"Facebook mendiskriminasi orang berdasarkan siapa mereka dan di mana mereka tinggal. Menggunakan komputer untuk membatasi pilihan tempat tinggal bisa sama diskriminatifnya dengan membanting pintu di depan wajah seseorang," kata Sekretaris departemen perumahan Ben Carson.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Pemain Bhayangkara FC yang Bakal Merepotkan Arema

Posted: 29 Mar 2019 08:55 PM PDT

 

Jakarta Bhayangkara FC bertemu Arema FC di perempat final Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (30/3/2019).

Pertandingan yang ditayangkan Indosiar ini, sangat menarik untuk disaksikan. Tim tuan rumah memiliki materi yang siap menyulitkan Arema untuk bisa lolos ke semifinal.

Di atas kertas Bhayangkara FC dianggap lebih unggul. Hal itu mengacu pada keberhasilan mereka menjadi juara Grup B Piala Presiden 2019, yang berbuah manis dengan terpilih menjadi satu dari empat tim yang menjadi tuan rumah di perempat final Piala Presiden 2019.

Seperti diketahui, perempat final turnamen pramusim ini digelar menggunakan format single match.

 

Bhayangkara FC tak hanya jadi juara grup, tetapi menjadi tim dengan raihan poin paling tinggi di antara delapan tim yang lolos ke perempat final. The Guardians juga satu-satunya tim yang meraih tiga kemenangan sempurna di fase grup. Semen Padang, Mitra Kukar, dan Bali United kalah saat menghadapi tim asuhan Angel Alfredo Vera tersebut.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana Bhayangkara FC mampu lolos sebagai tim dengan raihan poin terbaik di saat ada sembilan pemain yang harus memenuhi panggilan Timnas Indonesia senior dan U-23.

Namun, dengan keterbatasan pemain, bahkan sempat meminjam Nurhidayat Haji Haris dari Timnas Indonesia U-23, Bhayangkara FC mampu memastikan lolos sebagai yang terbaik.

Arema, yang menjadi tim tamu di perempat final Piala Presiden 2019, harus siap menghadapi permainan luar biasa Bhayangkara FC. Meski kemungkinan besar Arema justru mendapatkan dukungan yang lebih banyak dari suporter di stadion, Bhayangkara FC yang sudah biasa bermain tanpa basis suporter yang besar, memiliki mentalitas yang tinggi untuk bisa meraih kemenangan.

Kali ini Bola.com memilih tiga pemain dengan kualitas luar biasa yang akan menjadi kunci permainan Bhayangkara FC ketika menjamu Arema di perempat final Piala Presiden 2019.

Anderson Salles

Bek Bhayangkara FC, Anderson Salles, melakukan selebrasi usai membobol gawang Semen Padang pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bhayangkara FC menang 4-2 atas Semen Padang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bek tengah asal Brasil ini membuktikan diri memiliki kualitas yang dibutuhkan Bhayangkara FC untuk mengawal lini pertahanan. Pemain yang sempat diisukan hendak gabung Persija Jakarta ini mampu memperlihatkan kontribusi yang luar biasa selama Piala Presiden 2019.

Bicara performa Anderson Salles di fase grup Piala Presiden 2019, pemain berusia 31 tahun itu sungguh menjanjikan. Hingga sejauh ini, Anderson sudah mengemas tiga gol untuk Bhayangkara FC dalam tiga pertandingan Piala Presiden 2019.

Dalam laga pertamanya di Piala Presiden 2019, Salles mampu mencetak gol pembuka kemenangan atas Semen Padang (3/3/2019). Pemain asal Brasil itu mencetak gol pada menit kesembilan setelah memaksimalkan sepak pojok dengan tandukan yang membuat bola masuk ke gawang.

Keberhasilan membuka kemenangan dalam laga yang berakhir dengan kedudukan 4-2 itu, Salles kemudian mendapatkan kepercayaan untuk menambah pundi-pundi golnya lewat penalti. Anderson Salles mencetak dua gol penalti di fase grup, masing-masing satu gol penalti ketika menghadapi Mitra Kukar (11/3/2019) dan Bali United (14/3/2019).

Sebagai seorang bek, tentu tiga gol yang dicetaknya di fase grup Piala Presiden 2019 sebenarnya adalah bonus. Tugas utamanya adalah membantu rekan satu tim mengawal area pertahanan Bhayangkara FC dari serbuan pemain lawan.

Kebobolan hanya empat gol dan mampu mengemas 10 gol di fase grup, tentu saja Bhayangkara FC harus berterima kasih kepada Anderson Salles.

Hargianto

Gelandang Bhayangkara FC, Muhammad Hargianto, berusaha melewati gelandang Bali United, Sutanto Tan, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

Hargianto merupakan pemain yang menjadi jangkar dari permainan Bhayangkara FC. Bermain sebagai gelandang bertahan, pemain yang juga pernah memperkuat Persija Jakarta itu, mampu menjadi penghambat serangan lawan sebelum memasuki area pertahanan The Guardians.

Permainan lugas dan kadang tak mengenal kompromi saat menghalau pergerakan pemain lawan merupakan ciri khas Hargianto. Dengan sikap yang terkadang emosional, pemain muda ini mampu membuat pemain lawan kehilangan konsentrasi di lini tengah.

Sebuah kontribusi nyata diperlihatkan Hargianto di fase grup. Hargianto juga mampu mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terakhir Bhayangkara FC dalam kemenangan 4-2 yang mereka raih di depan publik Stadion Patriot Candrabhaga saat melawan Semen Padang.

Permainan keras di lini tengah tanpa kompromi, serta kejutan yang bisa diciptakan di lini depan membuat Hargianto menjadi satu dari beberapa pemain yang layak diwaspadai Arema. Bukan tidak mungkin pula, Hargianto dengan tendangan-tendangan jarak jauh yang keras bisa mencetak gol lagi ke gawang Arema.

Dendy Sulistyawan

Pemain Bhayangkara FC, Dendy Sulistyawan, berusaha melewati pemain Semen Padang pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (3/3). Bhayangkara FC menang 4-2 atas Semen Padang. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dendy Sulistyawan, pemain muda berposisi striker yang kerap mendapatkan kesempatan untuk bermain dan menjadi mesin gol Bhayangkara FC. Pemain asal Lamongan yang hanya membela Persela Lamongan dan Bhayangkara FC itu mampu mengerahkan kemampuan terbaiknya di fase grup.

Striker lokal yang menjadi milik Bhayangkara FC itu sudah memperlihatkan kontribusi yang nyata bagi The Guardians di fase grup. Dua gol sudah dicetaknya dalam tiga pertandingan yang dijalani Bhayangkara FC di fase grup Piala Presiden 2019.

Satu hal yang menarik, dua gol yang dicetak Dendy Sulistyawan terjadi dalam menit-menit yang serupa. Dalam laga pertama kontra Semen Padang, Dendy berhasil mencetak gol kedua yang tercetak pada menit ke-67 dalam kemenangan 4-2 yang diraih Bhayangkara FC.

Tak mempersembahkan gol ketika Bhayangkara FC menang tipis 2-1 atas Mitra Kukar, Dendy kembali membayar kepercayaan pelatih Angel Alfredo Vera dengan menjebol gawang Bali United saat Bhayangkara FC menang 4-1 di laga terakhir Grup B Piala Presiden 2019. Gol tersebut dicetak pada menit ke-62.

Kontribusi besar Dendy Sulistyawan di fase grup tak boleh diremehkan. Pemain-pemain bertahan Arema harus berkonsentrasi penuh untuk bisa menghalau serangan yang dilakukannya di area kotak penalti Singo Edan.

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alumni Ponpes Lirboyo Dukung Ma'ruf Amin: Santri Ikut Kiai

Posted: 29 Mar 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Kediri - Lebih dari seribu orang yang tergabung dalam Himpunan Alumni Santri Lirboyo se Jawa Timur, berkumpul di Aula Muktamar Lirboyo untuk bersilaturahmi dengan sejumlah kiai sepuh pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes), Jumat sore 29 Maret 2019.

Hadir sejumlah kiai sepuh pengasuh Ponpes Lirboyo, di antaranya KH Khafabi Mahrus serta KH Anwar Mansyur. Tidak ketinggalan ketua umum PKB Muhaimin Iskandar didamping oleh kakaknya Abdhul Halim Iskandar, selaku ketua DPW PKB Jawa Timur.

Dalam acara silaturahmi Masyayikh dan himpunan alumni santri Lirboyo se Jawa Timur, sejumlah kiai sepuh memberikan arahan kepada alumni santri Lirboyo untuk memilih paslon nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin.

Menurut Ketua Himpunan Alumni Santri Lirboyo wilayah Jawa Timur, Ahmad Fahrur Rozi selaku,  kiai pengasuh ponpes Lirboyo sengaja memanggil seluruh para pengurus alumni diseluruh cabang se Kabupaten untuk diberikan pengarahan.

Sebelumnya beberapa waktu lalu, para kiai dan pengasuh ponpes sudah memberikan surat seruan berupa maklumat yang isinya mengimbau para alumni agar tidak golput dan ikut membantu mensukseskan Pemilu 2019 serta mengajak supaya memilih paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kiranya itu perlu suatu wadah untuk disampaikan secara langsung maka hari ini kita memangil semua pengurus cabang se Jawa Timur, kira-kira seribu orang semuanya hadir. Mendengarkan secara langsung dari Kiai arahan beliau tentang sikap dari pengasuh ponpes mendukung paslon 01," tuturnya.

Ahmad Fahrur berharap dengan adanya pertemuan silaturahmi ini, para alumni yang kebanyakan menjadi kiai, pengurus NU sekaligus pemilik pondok pesantren di daerah bisa menggerakkan secara berjenjang level yang ada di bawah.

"Ini adalah kekuatan kultural, kaum bersarung memilih yang bersarung. Ini ada ikatan emosional dengan KH Ma'ruf Amin yang merupakan Rois AM PBNU, santri nderek Kiai," kata dia.

Targetkan Suara 70 Persen

Tim dari Himpunan Alumni Santri Lirboyo se Jawa Timur, memiliki keinginan perolehan suara nantinya bisa mencapai 70 persen.

"Kita berharap target 70 persen dari tim Jawa Timur, bisa tercapai. Ini saling melengkapi. Hampir semua Kiai NU pada satu barisan yang sama," ucap Ahmad Fahrur.

"Harapnya tentu kita ada aspirasi yang bisa, dititipkan ke KH Ma'ruf Amin khususnya, melalui Muhaimin PKB tentang kemajuan pendidikan Islam dan pendidikan khas tradisional agar jangan sampai punah," ujar dia.

Selain alumni santri Lirboyo di Jawa Timur, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Jawa Tengah, dua minggu lalu. Seruan dari para kiai ini, nantinya bisa diteruskan oleh ketua cabang yang hadir untuk disosialiskan ke daerah.

"Iya kemarin maklumat belum difloorkan (disampaikan) langsung maka biar ketemu, mereka yakin. Kemarin sempat dipelintir maklumat Lirboyo diganti. Itu jadi simpang siur. Sekarang ini semua alumni datang, langsung kiai yang memberikan pengarahan. Santri pada prinsipnya ikut kiai," ucap Ahmad Fahrur.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Cawapres nomor urut 01 K.H. Ma'ruf Amin menunjukkan KIP Kuliah, Kartu Sembako Murah dan Kartu Prakerja saat menyampaikan visi dalam debat cawapres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3). (Liputan6.com/Johan Tallo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wayang Kulit, Bentuk Sosialisasi Empat Pilar MPR RI

Posted: 29 Mar 2019 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) melalui Sekretariat Jenderal MPR bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu dalam pagelaran wayang kulit. Acara tersebut digelar diselenggarakan di lapangan desa Sei Beras-Beras, Kecamatan Lubuk Batu Jaya, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, Jumat malam (29/3).

Wayang kulit ini dibawakan oleh dalang Ki Bagus Mudo Darmoko dengan lakon Pendowo Sukur. Dalam kesempatan itu, angggota MPR Muhammad Idris Laena menyampaikan bahwa acara wayang kulit tersebut sekaligus untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Ini merupakan salah satu metode sosialisasi, sehingga pementasan seni budaya oleh MPR beragam seperti Bhinneka Tunggal Ika," ujar anggota Fraksi Golkar di MPR yang juga menjabat sebagai Ketua Badan Penganggaran MPR RI.

Dihadapan warga desa Sei Beras-Beras, Idris Laena mengatakan Indonesia adalah bangsa yang besar. Untuk itu kebesaran bangsa ini harus dirawat dan dijaga. "Jangan Pernah Berhenti Mencintai Indonesia," tuturnya.

Salah satu kiat untuk mencintai Indonesia, menurut Idris Laena adalah dengan mengamalkan Pancasila. Dari sinilah maka MPR melakukan sosialisasi hingga wilayah desa. "Sambil nonton wayang kulit, mari kita laksanakan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Pancasila," tegasnya.

Sebagai tanda resmi sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui pagelaran wayang kulit dimulai, Idris Laena dalam kesempatan itu menyerahkan secara simbolis sosok lakon kepada dalang Ki Bagus Mudo Darmoko.

Ketua Panitia pagelaran ini Rubiyo, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Sekretariat Jenderal MPR sudah menyelenggarakan pagelaran wayang kulit ini. "Selain untuk Sosialisasi Empat Pilar juga ikut melestarikan seni budaya daerah asal kami," tuturnya pria yang berasal dari Yogyakarta ini.

Sosialisasi dan pertunjukan wayang kulit itu tak hanya menarik banyak orang, namun juga mengundang ratusan pedagang datang ke lapangan desa. Sehingga malam itu suasana di lapangan desa Sei Beras-Beras menjadi pusat keramaian yang meriah.

Hadir dalam pagelaran itu, jajaran perangkat desa Sei Beras-Beras seperti Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala Desa Sei Beras-Beras, serta ratusan masyarakat yang sangat antusias menyaksikan pagelaran ini.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin: Kalau di TPS Itu Nyoblos, Bukan Lebaran

Posted: 29 Mar 2019 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02 Ma'ruf Amin tak setuju atas pernyataan Prabowo Subianto yang menyebutkan kata lebaran di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Menurut Ma'ruf Amin, TPS adalah tempat masyarakat melakukan pencoblosan.

"Kalau di TPS itu kan kita nyoblos bukan lebaran, lebaran itu ada dua, Idul Adha dan Idul Fitri, lebaran itu di masjid lah, lebaran kita Salat Id kalau besok (17 April) itu bukan lebaran, nyoblos, nusuk, untuk memilih pemimpin," kata Ma'ruf di kediamanya di Jalan Situbondo, No 12, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).

Dengan pernyataan itu, Ma'ruf Amin yang merupakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) tak setuju dengan pernyataan calon presiden nomor urut 02 tersebut.

"Karena itu, saya kira enggak tepat kalau dibilang lebaran," tegasnya.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menggelar kampanye terbuka di Karawang, Jawa Barat, Jumat, 29 Maret 2019. Kepada pendukungnya, Prabowo mengajak mereka berlebaran tanggal 17 April 2019 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai antisipasi kecurangan momen pencoblosan.

"Masih mau dicurangi atau tidak? Kalau tidak, 17 April jaga TPS. Bawa lontong, bawa ketupat, bawa sarung, bawa tikar, kita lebaran di TPS. Yang punya makanan berbagi dengan yang tidak punya. Hari itu rakyat harus menang," kata Prabowo di Lapangan Galuh Mas, Karawang, Jawa Barat.

Kedatangan Tamu

Ma'ruf Amin kedatangan tamu dua artis cantik Olga Lydia dan Maudy Koesnaedi. (Merdeka/Ronald)

Sementara, Ma'ruf Amin kedatangan tamu dua artis cantik Olga Lydia dan Maudy Koesnaedi. Kedatangan mereka untuk menyatakan dukungannya kepada pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf.

Pantauan merdeka.com, kedua artis ini diajak Ma'ruf Amin dan istrinya, Wury Estu Handayani sarapan pagi di kediamannya. Telah tersedia aneka makan antara lain rendang jengkol, bubur ayam, nasi goreng, oper ayam, ikan kembung, dan orek tempe.

"Pagi ini saya kedatangan kedua artis Maudy, dan Olga. Saya gembira karena bisa berbincang-bincang dengan anak muda, milenial," kata Ma'ruf di lokasi, Sabtu (30/3/2019).

Kata Ma'ruf, berbincang dengan kaum milenial sangatlah penting untuk kemajuan bangsa negara ini. Sebab, kaum millenial memberikan peran besar bagi perubahan bangsa.

"Buat saya itu penting, saya ingin tahu cara pandang saya tentang terhadap anak muda dan masa depan mereka, perlindungannya, terutama kepada kelompok-kelompok minoritas, dan bagaimana menyikapi perbedaan, bagaimana Indonesia ke depan, dan peran apa akan diberikan untuk gereasi muda," ujarnya.

Dengan adanya dukungan ini, dia ingin mendorong kaum milenial mempunyai cita-cita dan semangat yang besar.

"Sering saya katakan, kalau kamu dibuang di laut, harus jadi pulau, kalau dibuang di darat harus jadi gunung, artinya harus berprestasi," pungkas Ma'ruf.

Sementara itu Maudy mengaku berterimakasih telah diberikan kesempatan untuk berbincang dengan Ma'ruf. Menurutnya, hal yang berkesan adalah saat Ma'ruf menyampaikan pesan terhadap kaum milenial.

"Alhamdulilah diberi kesempatan langsung ngobrol, kalau dengar menyampaikan beberapa poin yang membuat terharu itu ketika Abah (Ma'ruf) bilang untuk menanggapi para remaja, itu kuncinya listening, mendengarkan. Kita sebagai orangtua, saya terus mengingatkan Abah menganggap kita sebagai anak-anaknya, cucu cucunya, itu yang membuat saya terharu," kata Maudy.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KAI Sebar Tiket Promo di KAI Milenial Travel Fair

Posted: 29 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI menggelar KAI Millennial Travel Fair.

Pameran dengan tema Young Dynamic Friendly ini berlangsung selama dua hari, yakni pada 30-31 Maret 2019 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

"Berawal dari sebuah ide untuk kalangan anak muda, PT KAI mengadakan KAI Travel Fair 2019. Berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu ini," ungkap Corporate Deputy Directory of Passenger Transportasi Marketing and Sales, Asdo Artriviyanto, saat pembukaan acara, Sabtu (30/3/2019).

Adapun acara KAI Millenial Travel Fair ini coba memamerkan berbagai produk unggulan, baik dari PT KAI, anak perusahaan, hingga mitra-mitra perseroan.

Asdo mengatakan, kegiatan ini juga dibuat dengan mengusung konsep cashless untuk berbagai transaksi dalam pameran, yakni dengan menggunakan LinkAja atau EDC Himbara.

"Ini sesuai dengan konsep para kaum Millenial yang ingin serba cepat dan mudah," ucap dia.

Kegiatan ini disebutkannya akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 20.000.

 

Tarif Khusus Kereta

Penumpang menunggu keberangkatan kereta api tujuan Malang - Jakarta di Stasiun Kota Baru, Malang, Jawa Timur (Zainul Arifin/Liputan6.com)

Dalam acara ini, pengunjung bisa mendapat diskon tiket masuk 50 persen dengan menunjukan LinkAja dan KAI Acces atau produk kartu kredit, debit, dan prepaid dari Bank Himbara seperti BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

"Pengunjung juga bisa dapat cashback 25 persen pembelian tiket kereta api dengan menggunakan LinkAja, dan cashback up to Rp 300.000 dengan pakai kartu debit atau kredit Bank Himbara pada mesin EDC yang tersedia," tutur dia. 

Selain itu, tersedia juga diskon 10 persen untuk tiket rombongan dengan jumlah minimal 20 penumpang. Lalu juga tarif khusus kereta api untuk rute-rute tertentu.

Seperti, tarif tiket Jakarta-Tegal mulai dari Rp 49.000, Yogyakarta-Semarang mulai dari Rp 60.000, Surabaya-Malang mulai dari Rp 35.000, Cirebon-Semarang mulai dari Rp 120.000, sampai Yogyakarta-Surabaya mulai dari Rp 150.000.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Radovic Senang Performa Persib Meningkat

Posted: 29 Mar 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Batam - Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic mengaku senang dengan performa anak asuhnya dalam sesi latihan di Stadion Gelora Citra Mas, Batam, Jumat (29/3/2019). Menurut pria asal Montenegro tersebut, Ezechiel N'Douassel dan kawan-kawan dapat menampilkan permainan sesuai dengan yang diinginkan.

Itu artinya, para pemain Persib semakin memahami strategi serta taktik yang direncanakan. "Luar biasa. Mereka profesional sekali dan saya senang karena setiap hari kita terus mengalami peningkatan," kata Radovic di Batam seperti dikutip dari laman resmi Persib.

"Saya sudah bicara sama mereka. Kalau kita latihan seperti hari ini dan seperti kemarin, kita bisa jadi tim bagus," tambahnya.

Tidak cuma itu, ia pun senang dengan kedatangan winger Persib Febri Hariyadi yang baru saja memperkuat timnas Indonesia."Dia dari timnas. Dia profesional dan mengerti semua. Bisa sedikit istirahat dan latihan. Pemain dari timnas memang harus bisa cepat menyesuaikan dan dia hari ini bagus latihan," ucap pria 43 tahun itu.

 

Laga Uji Coba

Pelatih Persib Bandung Miljan Radovic. (Huyogo Simbolon)

Persib berencana akan menjalani laga uji coba dalam pemusatan latihan di Batam. Rencananya, laga uji coba Maung Bandung akan digelar Minggu (31/3/2019).

Radovic mengatakan semua pemainnya harus mendapat menit bermain yang cukup. Sebab, itu sebagai salah satu syarat agar Persib bisa kompetitif dalam kompetisi sesungguhnya.

"Kami sudah tahu lawannya (uji coba) siapa. Saya ingin semua main di laga itu. Tetapi, ada porsi waktunya masing- masing," papar Radovic.

"Ada yang 15 menit, ada yang 50 menit. Karena ini persiapan untuk kompetisi. Semua harus dapat menit bermain," ungkap pelatih asal Montenegro ini.

 

Kondisi Fisik

Radovic juga puas dengan kondisi pemain Persib. "Kondisi fisik pemain semakin bagus setelah beberapa hari di sini (Batam). Step by step kita terus meningkat," papar pelatih berusia 43 tahun.

"Saya puas sejauh ini dengan performa fisik semua pemain Persib."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Empat Desain Prangko Empat Pilar MPR RI

Posted: 29 Mar 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu upaya mensosialisasikan Empat Pilar MPR dengan meluncurkan prangko. Ya empat desain prangko diluncurkan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Jumat (29/3) di Ruang Delegasi Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Jakarta.

Adapun empat desain prangko yang melambangkan Empat Pilar MPR itu adalah prangko dengan desain sila-sila Pancasila (Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara), prangko bergambar Pembukaan UUD (UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara), prangko bergambar peta Indonesia (NKRI sebagai bentuk negara) dan perangko bergambar lambang Garuda Pancasila (Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara).

Peluncuran prangko Empat Pilar MPR merupakan kerjasama MPR RI dengan Kementerian Kominfo, PT Pos Indonesia, dan Peruri. Hadir dalam peluncuran ini Sekretaris Jenderal MPR Dr. Ma'ruf Cahyono, Direktur Pos Kominfo Ikhsan Baidirus, Kepala SBU Non Uang Peruri Fadel, Kepala Regional IV Jakarta PT Pos Indonesia, Onni Hadiyono. Juga hadir sejumlah blogger dan kalangan filatelis.

Sekretaris Jenderal MPR RI, Maruf Cahyono menyampaikan apresiasi atas peluncuran pranko Empat Pilar MPR. Baru pertama kali Empat Pilar MPR dimasukkan dalam prangko. Peluncuran prangko Empat Pilar MPR ini juga merupakan upaya MPR untuk memasyarakatkan Empat Pilar MPR.

"Segala daya upaya dan cara serta metode kami lakukan untuk terus membumikan dan membunyikan nilai-nilai Empat Pilar MPR. Karena itu, menempatkan Empat Pilar MPR dalam prangko merupakan sebuah terobosan. Saya bangga sekali dengan prangko Empat Pilar MPR," katanya.

Ma'ruf menjelaskan, prangko Empat Pilar MPR memiliki makna yang luar biasa, yaitu ideologi. Prangko isinya pembukaan UUD, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Prangko yang di dalamnya ada Empat Pilar MPR, lanjutnya, sesuai dengan misi MPR mewujudkan metode Empat Pilar MPR agar bisa sampai ke seluruh lapisan masyarakat.

Sementara itu Direktur Pos Kominfo, Ikhsan Baidirus, mengatakan Empat Pilar MPR adalah platform Indonesia berbangsa. "Empat Pilar MPR adalah filosofi berbangsa dan bernegara. Karena itu sangat tepat dan patut diangkat dalam bentuk apa saja untuk memuliakan platform bernegara ini. Salah satunya dalam bentuk prangko," katanya.

Menurut Ikhsan, prangko menjadi duta bagi bangsa Indonesia ke seluruh dunia. Jadi, prangko sangat bermakna dan memiliki kekuatan strategis. Karena itu proses (usulan) untuk masuk dalam prangko tidak mudah.

"Kami sangat selektif baik dalam gambar maupun citra yang hendak disampaikan dalam prangko. Pesan yang disampaikan dalam prangko harus bisa mewakili Indonesia. Oleh karena itu sangat tepat untuk memberikan tempat yang sangat baik, mulia dan terhormat bagi Empat Pilar MPR dalam prangko," ujarnya.

Dalam laporannya, Kepala Biro Humas MPR RI Siti Fauziah mengatakan selama ini MPR mensosialisasikan Empat Pilar MPR melalui berbagai metode, diantaranya lomba mewarnai untuk siswa SD-SMP, Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR untuk siswa SMA, debat konstitusi, Kemah Empat Pilar, Outbond, Bela Negara untuk kalangan mahasiswa, Training of Trainers untuk dosen perguruan tinggi, dan metode seni budaya.

"Prangko 4 Pilar MPR ini merupakan metode baru untuk mensosialisasikan Empat Pilar MPR," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Siti Fauziah menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, terutama Sesjen MPR RI, Kominfo, PT Pos Indonesia, dan Peruri. "Sehingga Empat Pilar MPR masuk dalam prangko reguler dan diluncurkan hari ini," tuturnya.

Titi, panggilan Siti Fauziah, mengungkapkan prangko Empat Pilar MPR dicetak oleh Peruri dengan teknologi tinggi. Prangko Empat Pilar MPR dicetak dengan bahan kertas uang. Juga dengan pengamanan seperti uang.

Dengan sinar UV pada prangko Empat Pilar MPR akan tampak hologram dengan gambar burung garuda dan tulisan Empat Pilar dengan teknologi micro text. Ini membedakan prangko 4 Pilar MPR dengan prangko-prangko biasa lainnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napoli Pupus Harapan MU dan Real Madrid

Posted: 29 Mar 2019 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua klub raksasa Eropa, Manchester United (MU) dan Real Madrid harus gigit jari. Napoli menutup peluang melepas pemain incaran kedua klub tersebut, bek Kalidou Koulibaly.

Koulibaly tampil cemerlang bersama Napoli dalam dua musim terakhir. Pria Senegal itu pun dibidik banyak klub besar. Mulai dari MU, Real Madrid hingga Juventus.

MU melirik Koulibaly untuk menggantikan Eric Bailly. Sedangkan Real Madrid membidik Koulibaly karena pertahanan yang sangat keropos pada musim ini.

Meski klub-klub besar Eropa siap memberikan tawaran mewah. Napoli tidak tergoda. Pelatih Carlo Ancelotti menegaskan Koulibaly tidak akan dijual.

"Koulibaly tidak akan pergi dari sini," ujar Ancelotti seperti diberitakan Tribal Football.

 

Harga Mahal

Bek tangguh Napoli asal Prancis, Kalidou Koulibaly (AFP/Carlo Hermann)

Napoli akan untuk banyak jika melepas Koulibaly akhir musim nanti. Harga Koulibaly saat ini mencapai 130 juta pound.

Namun Napoli akan sangat kesulitan menemukan penggantinya. Bersama Koulibaly, Napoli menjadi salah satu tim yang ditakuti dan disegani di Liga Italia Serie A.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Legenda MU Ungkap Tugas Berat Solskjaer

Posted: 29 Mar 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Ole Gunnar Solskjaer yang baru dilantik sebagai manajer tetap Manchester United (MU) mendapat peringatan dari Gary Neville. Legenda MU itu merasa ada tugas berat yang segera dipanggul juru taktik asal Norwegia tersebut.

Menurut Neville, tugas berat pertama Solskjaer adalah membenahi kualitas di lini belakang MU. Sebab, eks kapten Setan Merah tersebut menilai jika pertahanan secara umum United memang memiliki banyak masalah.

Di lini pertahanan, ada pemain MU yang performanya kurang stabil. Selain itu, ada pula pemain yang sering mengalami cedera.

Lalu, ada juga pemain MU yang kontraknya akan habis pada akhir musim 2018/19 ini.

Tugas Berat Solskjaer

Manajer Manchester United (MU) Ole Gunnar Solskjaer, saat melawan Huddersfield pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Rabu (26/12). Manchester United menang 3-1 atas Huddersfield. (AP/Martin Rickett)

Menurut Neville, dengan kondisi yang saat ini ada, maka pertahanan akan jadi tugas utama bagi Solskjaer untuk segera diperbaiki. Dia perlu mendatangkan pemain baru untuk membuat pertahanan lebih kuat.

"Pertahanan adalah prioritas utama dengan memperbaiki duet di bek tengah karena ada banyak perubahan. Di atas kertas, saya pikir mereka sudah bekerja cukup baik tapi itu masih belum cukup bagus," buka Neville dikutip dari Sky Sports.

"[Antonio] Valencia dan [Ashley] Young telah melakukan dengan baik dalam bebarapa tahun, Luke Shaw juga terlihat solid dalam beberapa bulan terakhir, begitu juga dengan Victor Lindelof yang punya musim bagus. Chris Smalling juga baik-baik saja."

"Tapi, dalam hal penampilan secara dominan, itu mungkin yang menjadi masalah utama. Bek sayap dan bek tengah adalah masalah besarnya, meskipun ada juga di area lain," sambung Neville.

 

Kontrak Baru dan Beli Pemain

Antonio Valencia kontraknya akan habis pada akhir musim 2018/19. Sejauh ini, belum ada perkembangan positif dari negosiasi kontrak United dengan sang kapten. Di posisi Valencia, masih ada Diogo Dalot. Namun, pemain asal Portugal itu masih hijau, belum punya banyak pengalaman.

United bisa memainkan Ashley Young, yang punya kontrak hingga 2020, tapi usianya sudah tidak lagi muda. Metteo Darmian juga disebut akan pindah dari United.

Di posisi bek tengah relatif lebih baik untuk United. Chris Smalling dan Phil Jones telah meneken kontrak baru. Viktor Lindelof juga dalam situasi yang bagus. United butuh satu bek tengah lagi karena Marcos Rojo sering cedera dan dikabarkan siap pindah.

Dan, tidak boleh ketinggalan bahwa kontrak David De Gea juga akan habis pada akhir musim 2018/19.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beda Usia 20 Tahun, Jo Soo Hyang dan Park Hyuk Kwon Disebut Sudah 2 Tahun Pacaran

Posted: 29 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jo Soo Hyang, tentu sudah tidak asing lagi ditelinga para pecinta drama korea. Nama Jo Soo-hyang mulai melambung karena film yang dibintanginya. Aktris yang lahir tanggal 21 Januari 1991 ini pernah memenangkan penghargaan aktris tahunan untuk perannya dalam film Wild Flowers (2015) di Festival Film Internasional Busan ke-19 pada tahun 2015, seperti yang Liputan6.com lansir dari Asian Wiki, Sabtu (30/3/2019).

Belum lama ini nama Jo Soo Hyang kembali menjadi sorotan publik. Kali ini bukan karena comeback drama atau filmnya, tapi mengenai berita kencannya dengan salah satu aktor senior.

Aktor senior Park Hyuk Kwon dan aktris Jo Soo Hyang dikabarkan pacaran. Bahkan keduanya disebut telah menjalin hubungan spesial ini selama dua tahun ini.

Park Hyuk Kwon merupakan aktor senior yang telah bermain di banyak drama dan film seperti Noona Who Buys Me Food dan A Taxi Driver. Sedangkan Jo Soo-hyang aktris yang bisa dikatakan baru di dunia seni peran. Debutnya dimulai pada tahun 2015 lewat drama Who Are You: School 2015 sebagai pemeran antagonis bersama Kim So Hyun, Nam Joo Hyuk dan Yook Sung-jae. Berikut beberapa fakta soal Jo Soo Hyung!

Usia yang Terpaut 20 Tahun

 

Kabar kedekatan Park Hyuk Kwon dan Jo Soo-Hyang ini menjadi perbicangan hangat. Yang membuat kabar ini menjadi pembicaraan publik adalah perbedaan keduanya yang mencapai 20 tahun.

Ada netizen yang mempertanyakan perbedaan umur yang jauh ini. Namun tak sedikit pula yang memberikan dukungannya, karena keduanya dianggap telah dewasa dan bisa mengambil keputusan untuk diri mereka sendiri.

Dilansir dari Soompi, Jumat (29/3/2019), seorang sumber menyebutkan bahwa Park Hyuk Won dan Jo Soo Hyang telah menjalin hubungan selama dua tahun.

"Park Hyuk Won saat ini tinggal di Pulau Jeju, jadi Jo Soo Hyang sering pergi ke sana untuk bertemu Park Hyuk Kwon," tutur seorang sumber yang dekat dengan Park Hyuk Won dan Jo Soo Hyang.

Sukses Hebohkan Publik

 

Park Hyuk Kwon lahir pada 1971 sedangkan Jo Soo Hyang kelahiran 1991. Karena minat akting yang sama, mereka dilaporkan berhubungan dengan baik dan secara alami. Namun kabar ini sukses membuat netter syok.

"Orangtua Jo Soo Hyang pasti langsung pingsan setelah membaca berita ini," komentar netter.

"Dia bisa menjadi putrinya," tambah netter lain.

"Wow dia cukup tua untuk menjadi ayahnya," sahut yang lain.

"Apakah prianya gila? Kenapa dia mengencani cewek yang bisa menjadi putrinya?" kata netter.

"Sebagai pasangan yang lebih tua, dia seharusnya tidak membiarkannya sampai sejauh ini. Dia bahkan belum menikah dan sekarang berkencan dengan seorang wanita 20 tahun lebih muda. Jika dia benar-benar mencintainya, dia akan menolaknya. Kenapa kau membiarkan seseorang yang kau cintai berkencan dengan orang yang 20 tahun lebih tua?" pungkas lainnya.

Belum Ada Pernyataan Resmi dari Keduanya

Salah satu sumber dari agensi yang menaungi Park Hyuk Kwon yakni Mystic Story telah memberikan pernyataan bahwa mereka tak bisa memberi komentar.

"Sulit untuk mengonfirmasi hal tersebut karena itu adalah urusan pribadi sang aktor," ujar pihak agensi.

Sementara itu Jo Soo Hyang saat ini berstatus sebagai aktris independen yang tidak dinaungi oleh agensi mana pun usai kontraknya dengan agensi sebelumnya berakhir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yovie Widianto Bernyanyi di Lagu Terbaru Kahitna

Posted: 29 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pertengahan Maret ini, grup musik Kahitna telah merilis lagu berjudul "Seribu Bulan Sejuta Malam". Band yang banyak menciptakan lagu-lagu romantis ini, rupanya memberikan kejutan lain kepada fans.

Biasanya, Kahitna hanya mengajak Yovie Widianto, sebagai pencipta lagu dan lirik maupun posisi kibor. Namun pada lagu ini, suara Yovie Widianto akan terdengar cukup lama sejak awal lagu.

Berbicara mengenai keterlibatannya bernyanyi di lagu ini, Yovie Widianto pun secara rendah hati menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan ide rekan-rekannya.

"Sebenarnya ini karena memang permintaan temen-temen mendengarkan suara aku di Seribu Bulan Sejuta Malam untuk meramaikan pecahan suara antara Hedi, Carlo, dan Mario," kata Yovie Widianto dalam keterangan video di Youtube yang disampaikan melalui akun Musica Studio's.

Setia Kepada Pasangan

Yovie Widianto (Deki Prayoga/bintang.com)

Saat menciptakan lagu ini, Yovie Widianto mengaku terinspirasi dari orang-orang yang setia dalam menantikan pasangannya meskipun harus memakan banyak waktu.

"Inspirasi lagu 'Seribu Bulan Sejuta Malam adalah ketika kita mencintai seseorang, kita tidak pernah mengganti posisi orang itu di hati kita. Jadi apapun yang terjadi, dia akan menunggu sampai waktunya berpihak pada orang yang dicintainya", tambah Yovie.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Artis VA Satu Rutan dengan Ahmad Dhani di Medaeng Sidoarjo

Posted: 29 Mar 2019 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Tersangka kasus dugaan pornografi, artis VA menyelesaikan serangkaian proses administrasi pelimpahan tahan II di Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Jawa Timur pada Jumat 29 Maret 2019 sekitar pukul 16.00 WIB.

Dia selanjutnya langsung dibawa menuju Rumah Tahanan (Rutan) Klas I Surabaya di Medaeng Surabaya. VA pun satu rutan dengan terdakwa kasus pencemaran nama baik ujaran idiot Ahmad Dhani Prasetyo

"Setelah selesai proses administrasi, VA langsung dibawa ke rutan Medaeng," tutur Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Teguh.

Teguh menyampaikan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) juga menerima barang bukti dalam kasus artis VA, salah satunya berupa uang tunai yang nilainya mencapai puluhan juta rupiah.

"Barang buktinya ada uang tunai sebanyak tiga puluh lima juta rupiah," ujar dia.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) secara resmi menahan artis Film Televisi (FTV) VA terkait kasus dugaan prostitusi online di Surabaya yang sempat menghebohkan beberapa hari yang lalu.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera menuturkan bahwa pada siang hari ini, tepatnya pada pukul 15.00 WIB, administrasi penyidikan terhadap VA sudah dilakukan.

"Oleh karena itu terhitung mulai tanggal 30 Januari 2019, VA resmi dijadikan tersangka dan ditahan di Polda Jatim," tutur Barung.

Penetapan Tersangka

Barung menegaskan, sesuai surat perintah penahanan yang disampaikan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan beberapa waktu yang lalu, penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES. "VA terancam hukuman di atas lima tahun penjara," ujar Barung.

Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menuturkan, penetapan tersangka VA ini berdasarkan rekam jejak digital dari tersangka mucikari ES.

"Dari situ jelas ada foto dan video dan keterlibatan aktif VA dalam prostitusi online. Termasuk penyebaran foto dan video," tutur Luki di Mapolda Jatim, Rabu 16 Januari 2019.

Luki menegaskan, penetapan VA sebagai tersangka itu juga sesuai dengan hasil gelar, dan berdasarkan pendapat dari beberapa ahli.

"Ada ahli pidana, ahli bahasa, ahli ITE dan ahli Kementerian Agama dan MUI dan beberapa bukti yang sangat mengaitkan dalam transaksi komunikasi ini sangat menguatkan saudari VA menjadi tersangka," tambah Luki.

Dalam perkara ini, VA dijerat Pasal 27 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Pasal itu berbunyi, 'Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapal Pengantar Logistik Pemilu 2019 ke Natuna Karam di Pulau Rusa

Posted: 29 Mar 2019 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapal Bayu Permata yang mengangkut logistik Pemilu 2019 untuk Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau kandas di Perairan Pulau Rusa, Kabupaten Bintan. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari Polres Bintan, logistik pemilu itu dititipkan CV Anton Natuna ke Kapal Bayu Permata.

Kepala Seksi Operasional Kantor Pencarian dan Keselamatan Tanjungpinang, Eko Suprianto mengatakan, sebanyak 26 koli berisi Formulir C2, C7, Formulir Model DAA.1 dan Formulir Model DA.1 diangkut kapal itu.

Dari hasil penelusuran pihak kepolisian, logistik pemilu itu ditujukan kepada KPU Natuna, namun dalam perjalanan, kapal tersebut kandas di Perairan Pulau Rusa. Peristiwa itu diawali ketika Mualim 1 Kapal Bayu Permata, Zulkilatif, dan juru mudi, Ridwan kehilangan kendali saat berada di dekat Pulau Rusa.

"Peristiwa kapal kandas itu tadi (Jumat) sore," katanya seperti dilansir dari Antara, Sabtu (30/3/2019).

Kantor pencarian dan pertolongan kelas A Tanjungpinang menerima info dari Polair Kijang bahwa telah terjadi kecelakaan pelayaran Kapal Bayu Permata rute Pinang- Ranai Natuna bermuatan logistik Pemilu 2019 yang kandas di perairan Pulau Rusa, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan.

Kapal Dibawa ke Tanjung Pinang

Eko mengemukakanl, Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas A Tanjungpinang mengerahkan KN Bhisma menuju lokasi, dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait.

"Selanjutnya logistik Pemilu 2019 dipindahkan ke Kapal Kawai Ranai 1 untuk dibawa ke Ranai, Natuna. Sementara Kapal Bayu Permata yang kandas akan kembali ke Tanjungpinang untuk diperiksa kerusakannya," tandas Eko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Akan Mati-matian Pertahankan Hudson-Odoi

Posted: 29 Mar 2019 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chelsea terancam ditinggal wonderkid Callum Hudson-Odoi pada musim panas 2019. Pemuda muda berbakat Inggris itu diminati banyak klub besar Eropa.

Tak tanggung-tanggung, Hudson-Odoi diminati oleh Manchester United, Liverpool, Barcelona, Bayern Munchen dan Juventus. Klub-klub tersebut siap menggoda Hudson-Odoi dengan gaji besar. 

Hudson-Odoi tampil impresif bersama Chelsea dan timnas Inggris musim ini. Namun pemuda 18 tahun itu kurang bahagia di Chelsea akibat tak selalu bermain di tim utama.

Negosiasi kontrak baru pun menemui jalan buntu. Padahal kontrak Hudson-Odoi akan habis 2020. Tawaran kontrak baru bernilai 85.000 pound per pekan sudah ditolak.

Meski belum juga berhasil mengamankan masa depan Hudson-Odoi, Chelsea cukup percaya diri. Manajer Maurizio Sarri memastikan timnya akan mati-matian mempertahankan Hudson-Odoi.

 

Dibutuhkan Gantikan Hazard

Striker Chelsea, Callum Hudson-Odoi (AP/Matt Dunham)

"Saya tidak dapat mengatakan apakah dia akan menandatangani kontrak baru atau tidak, tetapi saya pikir dia akan tetap di sini bersama kami bagaimanapun juga," ujar Sarri.

Dengan terancam ditinggal Eden Hazard ke Real Madrid, Chelsea memang akan sangat membutuhkan Hudson-Odoi untuk musim 2019-2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Aturan Baru, Lion Air Turunkan Harga Tiket Pesawat

Posted: 29 Mar 2019 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Grup Lion Air pada Sabtu, 30 Maret 2019 ini menurunkan harga jual tiket pesawat di seluruh jaringan maskapai yang berdiri di bawah naungannya, antara lain Lion Air, Wings Air dan Batik Air.

"Kebijakan ini berlaku efektif untuk seluruh rute penerbangan pada 30 Maret 2019," ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Sabtu (30/3/2019).

Ketetapan ini mengikuti aturan baru tarif tiket pesawat yang dikeluarkan Kementerian Perhubungan pada Jumat, 29 Maret 2019.

Adapun kebijakan tersebut telah mengubah aturan tarif batas atas-batas bawah tiket pesawat. Tarif batas bawah yang sebelumnya 30 persen dari batas atas kini ditingkatkan menjadi 35 persen.

"Memang kita naikkan menjadi 35 persen dari semula 30 persen. Jadi (tarif batas bawah) 35 persen dari tarif batas atas," ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Budi mengatakan, aturan baru ini bertujuan agar tidak terjadi perang harga antar pihak maskapai nasional.

"Iya, (tujuannya) diantaranya itu. Kita harus melindungi semuanya. Kalau harga murah sekali bisa jadi konsumen dirugikan karena tidak menjamin safety," ungkap dia.

Ketentuan ini juga disebutkannya telah mendapat persetujuan dari seluruh maskapai nasional. "Setuju (semua), enggak ada masalah," pungkasnya.

 

Sah, Aturan Baru Tiket Pesawat Terbang Berlaku Hari Ini

Banner Infografis Harga Tiket Pesawat Bakal Turun? (Liputan6.com/Triyasni)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akhirnya mengubah regulasi mengenai tarif tiket pesawat.

Aturan baru ini untuk mengakomodir keluhan masyarakat mengenai masih mahalnya tiket pesawat.

Berbeda dengan yang disampaikan Menteri Perhubungan sebelumnya mengenai subclass, aturan baru ini mengubah aturan tentang Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB). 

Jika tarif batas bawah sebelumnya 30 persen dari tarif batas atas, kini ditingkatkan menjadi 35 persen. Dengan demikian, tak ada lagi perang tarif murah yang pada akhirnya merugikan maskapai.

"Rata-rata tarif batas bawah 35 persen dari batas atas. Berlaku hari ini. Semua maskapai berlaku," kata Sesditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nur Isnin Istiantono di Kemenhub, Jumat 29 Maret 2019.

Aturan baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri (PM) No 20 Tahun 2019. Jika dalam aturan sebelumnya mengenai formula pentarifan dan tarif per mill ditempatkan dalam satu PM, kini mengenai tarif per mill dipisahkan dengan dilahirkan Keputusan Menteri (KM) baru, yaitu KM 72 Tahun 2019.

Dengan dipisahkan ini, harapannya Menhub bisa langsung menyesuaikan tarif tanpa harus mengubah PM yang harus melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kumham).

Penentuan tarif sendiri harus memperhatikan kondisi maskapai, persaingan sehat dan perlindungan konsumen.

"Yang baru diperhatikan dengan batasan ini maskapai akan fokus kepada kelangsungan keseimbangan industri penerbangan dan pengguna jasa," tegas Isnin.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Spanyol: Barcelona Masih Nyaman di Puncak

Posted: 29 Mar 2019 08:10 PM PDT

 

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona masih nyaman di puncak klasemen Liga Spanyol. Lionel Messi dan kawan-kawan sudah mengantongi 66 poin hasil dari 28 pertandingan.

Barcelona memimpin 10 poin atas Atletico Madrid yang berada di peringkat kedua klasemen Liga Spanyol. Sedangkan dengan Real Madrid, Blaugrana unggul 12 poin.

Barcelona terus berupaya menjaga selisih poin dengan kedua rivalnya tersebut. Blaugrana berpeluang meraup tiga angka saat menjamu Espanyol di Camp Nou, Sabtu (30/3/2019).

Tampil di hadapan publik sendiri, Barcelona tentunya menargetkan tiga poin. Terlebih, ini merupakan derby Katalunya, tentu gengsi dari laga ini sangat berbeda.

Sementara itu, Real Madrid berpeluang menyalip Atletico di peringkat kedua klasemen Liga Spanyol. Dengan catatan, Atletico kalah dari tuan rumah Deportivo Alaves dan Madrid menang atas Huesca.

 

Klasemen Liga Spanyol

 

 

Jadwal Liga Spanyol

Sabtu (30/3/2019)

19.00 WIB Getafe Vs Leganes

22.15 WIB Barcelona Vs Espanyol

 

Minggu (31/3/2019)

00.30 WIB Celta Vigo Vs Villarreal

02.45 WIB Deportivo Alaves Vs Atletico Madrid

17.00 WIB Levante Vs Eibar

19.00 WIB Rayo Vallecano Vs Real Betis

21.15 WIB Sevilla Vs Valencia

23.30 WIB Real Valladolid Vs Real Sociedad

 

Senin (1/4/2019)

01.45 WIB Real Madrid Vs Huesca

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Soekarno-Hatta Top 40 Dunia

Posted: 29 Mar 2019 08:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bandara Soekarno-Hatta kembali mengukir prestasi. Kali ini Bandara terbesar di Indonesia itu masuk dalam posisi elit Top 40 World's Best Airport in The World oleh Skytrax.

Status ini sekaligus pengakuan terhadap peningkatan mutu layanan kepada traveler. Apalagi, format digital dikembangkan masif di Soetta. Peringkat yang diberikan Skytrax World Airport Awards 2019, membuat Bandara Soekarno-Hatta lebih baik dari beberapa bandara tenar di dunia.

Ada Bandara Bangkok Suvarnabhumi (Thailand) di strip 46. Bandara Toronto Pearson (Kanada) di strip 50, lalu posisi 54 diisi Bandara Kuala Lumpur (Malaysia). Begitu juga dua bandara Amerika Serikat yang terpaut jauh, yaitu Los Angeles (71) dan Boston Logan (80).

"Masuk Top 40 World's Best Airport tentu menjadi prestasi besar. Artinya, komitmen dan kerja keras untuk meningkatkan kualitas bandara kini diakui dunia. Kami ucapkan terima kasih pada seluruh pihak. Kami selalu berharap menjadi etalase yang membanggakan bagi Indonesia," ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, Jumat (29/3).

Masuk Top 40 World's Best Airport adalah peningkatan buat Soetta. Sebab, Bandara ini berada pada peringkat 45 dunia pada 2018. Posisi tersebut turun 1 strip dari tahun sebelumnya. Pada 2017 sempat berada di strip 44 dunia. Peringkat itu menjadi lonjakan signifikan. Karena, Bandara Soekarno-Hatta ada di urutan 63 dunia pada 2016. Rapor positif dari Skytrax World Airport Awards 2019 pun semakin sempurna. Bandara Soekarno-Hatta masuk Top 10 Best Airport Staff in Asia 2019.

Awaluddin menambahkan, lonjakan peringkat signifikan jadi target di tahun berikutnya. "Kami terus termotivasi melakukan upgrade layanan secara menyeluruh. Ke depannya, kami menargetkan Bandara Soekarno-Hatta masuk daftar 30 besar dunia," lanjutnya.

 

Untuk mendapatkan pengakuan perbaikan peringkat dunia, jalan panjang harus dilalui setiap bandara

Untuk mendapatkan pengakuan perbaikan peringkat dunia, jalan panjang harus dilalui setiap bandara. Selain meningkatkan mutu layanan, mereka juga harus bersaing dengan bandara lainnya. Sebab, Skytrax World Airport Awards 2019 akan melakukan survei terhadap pelayanan dan fasilitas pada 550 bandara di seluruh dunia. Parameternya adalah indeks kepuasan para traveler.

"Kami memang harus bersaing dengan banyak bandara di dunia. Untuk peningkatan pelayanan traveler di Bandara Soekarno-Hatta merupakan hasil sinergi semua elemen. Mulai dari internal AP II, maskapai, bea dan cukai, imigrasi, karantina, ground handling, airnav, hingga para aparat penegak hukum," papar Awaluddin lagi.

Ada banyak perubahan yang dilakukan Bandara Soekarno-Hatta. Soetta menambahkan fasilitas Skytrain atau Kalayang untuk mendukung kemudahan perpindahan traveler antar terminal. Ada juga kereta bandara, WiFi, tenant beragam, hingga baggage handling system.

Cara ini menjamin ketepatan waktu pengantaran bagasi. Bandara Soekarno-Hatta juga memberikan pelayanan cepat dari para staff. Apalagi, sebelumnya Digital Officer with Digital Device (DODD) sudah diluncurkan.

Ada juga aplikasi InairPort yang berisi beragam informasi terkait Bandara Soekarno-Hatta. InairPort juga bisa digunakan untuk mobile check-in, melihat jadwal penerbangan dan transportasi publik, mengetahui tenant komersiil, hingga pelaporan kehilangan.

"Kami optimistis pelayanan Bandara Soekarno-Hatta akan semakin membaik. Apalagi, proyek runway ke-3 dan east cross taxiway akan tuntas dalam waktu dekat. Kedua infrastruktur itu akan membuat jumlah penerbangan semakin banyak dan lancar. Artinya, mobilitas traveler semakin nyaman," tegasnya.

Kesuksesan transformasi AP II di Bandara Soekarno-Hatta, menambah daftar prestasi. Sebelumnya, 6 bandara di bawah AP II diberi label terbaik Airport Council International di tahun 2019. Ada Bandara Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkal Pinang, Sultan Mahmud Baddaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Silangit Siborong-Borong, hingga Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang.

"Aksesibilitas udara menjadi kunci utama pariwisata. Sebab, mayoritas wisatawan sangat mengandalkan jalur udara. Posisi Top 40 World's Best Airport Bandara Soekarno-Hatta tentu sangat bagus. Prestasi ini menjadi Calibration, Confidence, dan Credibility bagi pariwisata Indonesia. Selain aksesibilitas, atraksi dan amenitas di Indonesia itu luar biasa," tutup Menteri Pariwisata Arief Yahya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Mobkas Diesel Pilihan yang Tak Sampai Rp150 Juta

Posted: 29 Mar 2019 08:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Anda yang pernah merasakan sensasi mesin diesel, tentu tak ingin membeli mesin bensin saat membeli mobil lagi. Sayangnya, mobil yang menggunakan mesin diesel pilihannya tak banyak, harganya pun relatif mahal.

Solusinya? Anda bisa melirik beragam pilihan mobil bekas bermesin diesel. Berikut kami sajikan beragam pilihan mobil diesel bekas dengan harga tak sampai Rp150 juta yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Isuzu Panther LS 2003 Rp95 Juta

Rajanya diesel sudah dipastikan akan masuk ke dalam mobil diesel pilihan kami. Mobil ini terkenal bandel dan memiliki banyak penggemar di Indonesia. Unit yang kami temukan mengadopsi transmisi manual dan mengadopsi mesin 2,5 liter. Jarak tempuhnya sudah menunjukkan angka 115.136 km.

2. Chevrolet Spin Diesel LTZ 2015 Rp124 Juta

Chevrolet Spin varian diesel merupakan mobil yang relatif muda dan harganya pun cukup terjangkau. Meski bermesin 1,3 liter, namun turbocharger yang disematkan dapat memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan. Terlebih lagi transmisi yang diadopsi adalah manual, Anda bisa merasakan setiap potensi torsi yang bersemayam. Unit yang satu ini jarak tempuhnya sudah mencapai 115.000 km

Selanjutnya

3. Toyota Innova Diesel 2009 Rp150 Juta

Toyota Innova dikenal sebagai MPV idaman keluarga. Dengan mengadopsi mesin diesel, maka konsumsi bahan bakarnya tentu akan lebih ramah di kantong. Selain itu, nama besar Toyota akan mempermudah Anda untuk mencari suku cadang dan juga purnajual yang tersebar di berbagai tempat. Unit yang satu ini mengadopsi transmisi otomatis dan sudah menempuh jarak 145.000 km.

4. Chevrolet Captiva 2010 Rp150 Juta

Jika Anda mencari SUV bermesin diesel, maka Anda bisa mempertimbangkan Chevrolet Captiva. Tahunnya memang tak semuda Spin diesel. Namun kelas dan rasa berkendaranya tentu berbeda. Harganya pun tak terpaut jauh. Captiva yang satu ini mengadopsi transmisi otomatis dan sudah menempuh jarak 75.000 km

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menikmati Pesona PLBN Motamasin Melalui Konser Musik Malaka 2019

Posted: 29 Mar 2019 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Betun Pos Lintas Batan Negara (PLBN) Motamasin menjadi destinasi wisata man made terbaik. Spot instagramable ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap harinya. Dengan keindahannya, Motamasin wajib dikunjungi saat Konser Musik Perbatasan Malaka dan Kefamenanu (KMP-MK) 2019 nanti.

KMP-MK 2019 akan digelar 24-25 April 2019. Venuenya berada di Lapangan Paroki Kamanasa (MISI), Betun, Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Konser musik ini menampilkan juara The Voice Portugal 2018 Maria Vitoria asal Timor Leste (Tiles). Ada juga Penyanyi Indonesia Bondan Prakoso. Menambah warna event, Orkes Suling Bambu dan 3 tarian tradisional khas Tanah Timor akan disajikan.

Untuk mencapai venue KMP-MK, pengunjung dari Timor Leste (Tiles) bisa mengakses melalui PLBN Motamasin. Saat melintas di PLBN, sempatkan berfoto sembari menikmati view eksotisnya. Sebab, PLBN Motamasin ini terkenal sebagai destinasi terbaik di crossborder Tanah Timor. Setiap harinya, PLBN rata-rata dikunjungi 200 wisatawan setiap harinya dari berbagai wilayah di perbatasan.

"PLBN Motamasin ini destinasi potensial. Gedungnya megah dengan arsitektur khas Tanah Timor. Alam sekitarnya juga sangat eksotis. Di sini memang menjadi spot foto favorit. Jadi saat menikmati KMP-MK 2019, PLBN Motamasin jangan sampai terlewatkan untuk diabadikan dalam moment," ungkap Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh. Ricky Fauziyani, Rabu (27/3).

PLBN Motamasin ini resmi beroperasi 9 Januari 2017. Peresmiannya dilakukan Presiden Joko Widodo. Ceremony-nya digabung peresmian Bendungan Raknamo dan PLBN Wini. Menjadi destinasi favorit, wisatawan diijinkan masuk areal PLBN Motamasin pukul 11.00-12.00 WITA juga jam 16.00-18.00 WITA. Lalu, setiap hari Minggu free dibuka dari pagi sampai pukul 18.00 WITA.

"Wisatawan bisa memilih waktu terbaik reguler, meski di hari Minggu sangat leluasa. Tapi, kalau berada di wilayah sekitar PLBN Motamasin itu bebas. Yang jelas, selama berada di area PLBN Motamasin harus taati tata tertib yang berlaku," terang Ricky lagi.

Menjadi destinasi potensial Tanah Timor, PLBN Motamasin didukung arsitektur unik. Bangunannya pun mengadopsi arsitektur Rumah Adat Belu dan Rumah Adat Mabur. Nuansanya semakin eksotis dengan background pantai pada sisi lainnya. Wisatawan juga bisa menikmati sunset di sana. Lebih detail, wisatawan bisa memilih spot foto terbaik mulai tulisan 'MOTAMASIN INDONESIA' dan Tugu Garuda.

Ada spot menarik lain berupa Gerbang Utama PLBN Motamasin. Pastikan jembatan pembatas 2 negara, Indonesia-Tiles, juga menjadi destinasi untuk berfoto. Sebab, di sini terdapat titik utama batas negara ke-2 negara. Jembatan ini terbagi 2 yang ditandai dengan warna berbeda. Pada wilayah Indonesia diberi warna putih, lalu kuning untuk wilayah Tiles. Pada ke-2 ujung jembatan dilengkapi dengan gerbang.

"Masuk ke PLBN Motamasin ini gratis. Selain aturan, perhatikan juga kebersihannya. Jangan membuang sampah sembarangan. Sebab, PLBN Motamasin ini sangat bersih dan rapi. Bila sudah mengerti, silahkan eksplorasi spot-spot terbaik di PLBN Motamasin ini melalui kamera masing-masing. Kalau sudah dapat konten terbaik, segera unggah melalui media sosial masing-masing agar publik tahu," kata Ricky.

Secara fisik, PLBN Motamasin memiliki bangunan utama seluas 2.114 Meter Persegi. Untuk bangunan kedatangan dan keberangkatan masing-masing memiliki luas 428,9 Meter Persegi. Bangunan kantornya seluas 413,8 Meter Persegi. Kawasan ini ditopang lahan dengan luasan 11,29 Hektar. Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menjelaskan, PLBN Motamasin sangat instagramable dan jadi spot foto terbaik.

"Sembari menikmati KMP-MK 2019, silahkan datang ke PLBN Motamasin. Dijamin paket liburan akan semakin lengkap. Wisatawan bisa berfoto sepuasnya. Sebab, PLBN Motamasin ini didesain juga sebagai destinasi. Harapannya, aktivitas wisatawan bisa mendatangkan manfaat ekonomi secara langsung bagi masyarakat di sekitar PLBN," tutup Menpar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Romantisnya Puluhan Lansia Pasangan Nikah Siri saat Diisbat

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Puluhan pasangan suami istri di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, mengikuti isbat nikah pada Jumat, 29 Maret 2019. Isbat Nikah ini dilakukan untuk mengukuhkan pernikahan siri sehingga pernikahan mereka sah dari sisi hukum negara maupun syariat agama Islam.

Uniknya, usia para pesrta isbat nikah ini rata-rata sudah lanjut. Maklum saja, mereka sudah menikah selama puluhan tahun, namun pernikahan itu hanya dilakukan secara siri.

Kasiran, (76), salah seorang peserta isbat nikah, mengaku bahagia bisa mengikuti isbat nikah. Sebab, selama ini dia dan istrinya, Aisyah (69), tidak memiliki surat nikah. Dirinya menikahi istrinya pada umur 23 tahun. 

"Saya dulu menikah di KUA, waktu itu sama mudin (penghulu) tidak diberi surat kawin," kata Kasiran usai mengikuti isbat nikah.

Dia mengaku, selama ini anaknya mengalami kesulitan saat memerlukan surat nikah untuk kebutuhan tertentu. Sehingga Dia dan istrinya memilih untuk mengikuti isbat nikah massal ini. Pria yang sudah memiliki 2 anak dan 4 cucu ini menyebut sangat beruntung dengan adanya isbat nikah ini. Apalagi isbat nikah itu dilaksanakan tanpa biaya apapun. 

Pria yang sudah berusia 76 tahun ini pun sempat berfoto dengan istrinya di pelaminan yang telah disediakan. Tidak hanya itu, bak pengantin baru Kasiran bahkan mengecup kening istrinya itu.

Saat ditanya apakah akan berbulan madu bersama istrinya, Kasiran sempat kaget. "Tidak ada rencana bulan madu. Usia pak, usia pak," katanya sambil tersenyum-senyum.

 

 

Buku Nikah Langsung di Tangan

Isbat Nikah (Dian Kurniawan/Liputan6.com)

Sementara itu, Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni, menyebutkan bahwa sidang isbat nikah ini dilaksanakan di balai Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon. Acara ini dilaksanakan Pemerintah Desa Sumberarum bekerja sama dengan PCNU Banyuwangi, Dispendukcapil, Pengadilan Agama Banyuwangi, dan Kementerian Agama Banyuwangi.

Sejak pagi para pasangan yang menikuti isbat telah antusias berdatangan untuk mengikuti acara tersebut. Mereka mengenakan setelan baju warna putih dan celana hitam. 

"Ada 50 pasangan yang mengikuti Itsbat Nikah ini. 28 pasangan berasal dari Desa Sumberarum sendiri. Sedangkan 2 pasangan berasal dari Desa lain," kata Ali Nurfatoni.

Untuk sidang isbat nikah ini, Pengadilan Agama Banyuwangi menghadirkan 5 hakim. Satu persatu, pasangan ini menuju meja sidang untuk menjalani sidang isbat nikah. Masing-masing mempelai menghadirkan dua orang yang dulu menjadi saksi pada saat melaksanakan pernikahan sirih.

Dia menyatakan, isbat nikah itu dilaksanakan secara terpadu. Sehingga setelah menjalani sidang isbat nikah para mempelai itu bisa langsung mendapatkan surat nikah saat itu juga. Karena pihak Dispendukcapil, Kementerian Agama dan Pengadilan Agama juga menghadirkan stafnya untuk memproses dan mencetak dokumen yang diperlukan di lokasi pelaksanaan Sidang Itsbat Nikah.

"Selain mendapatkan Buku Nikah, bagi anak dan cucu mempelai yang mengikuti isbat nikah juga mendapatkan beberapa dokumen penting lain seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, dan bahkan KTP elektronik bagi yang belum memiliki. Itu semuanya gratis," ucap pria yang pernah menjadi wartawan ini.

Dia menegaskan, dokumen-dokumen tersebut sangat penting untuk berbagai kebutuhan warganya. Dia mencontohkan, saat pasangan ingin melakukan ibadah umroh, salah satu syaratnya adalah surat nikah. "Kalau tidak ada surah nikah, tidak akan bisa berangkat," ujarnya.

Saksikan video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Pemilu, Facebook Ramah Bagi Politikus RI dan Perketat Aturan Iklan Politik UE

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook menyatakan memperkuat persyaratannya mengenai iklan politik menjelang pemilu Uni Eropa.

Raksasa media sosial itu seperti dikutip dari VOA Indonesia, Jumat (29/3/2019), menyatakan memperketat peraturan-peraturannya lebih jauh untuk mencegah campur tangan asing dan meningkatkan transparansi menjelang pemungutan suara pada Mei mendatang.

Perusahaan itu menyatakan akan mewajibkan pemasang iklan politik untuk mengukuhkan bahwa mereka berlokasi di sebuah negara di Uni Eropa. Ini melebihi ketentuan sebelumnya bahwa para pemasang iklan harus mengukuhkan identitas mereka.

Facebook juga melakukan perbaikan terhadap basis data iklannya, termasuk memperluas akses agar kelompok-kelompok luar dapat menganalisis iklan politik atau isu-isu lainnya.

Perusahaan-perusahaan di Silicon Valley telah ditekan pihak berwenang di Uni Eropa agar berbuat lebih banyak untuk mencegah platform mereka digunakan oleh kelompok-kelompok, termasuk dari Rusia, untuk ikut campur dalam pemilu.

Saksikan juga video terkait Facebook berikut ini:

Dukung Pemilu 2019, Facebook Ramah Bagi Politikus dan Partai Politik

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Sementara itu, Facebook memperkenalkan Panduan Facebook dan Instagram bagi Politisi dan Partai Politik yang tersedia bagi publik serta dapat diakses melalui portal Integritas Pemilihan Umum (Pemilu) Facebook Indonesia.

Panduan Facebook dan Instagram bagi politisi dan partai politik ini berisi praktik terbaik dalam berinteraksi dengan para pendukung, serta memastikan agar kredibilitas akun dan halaman Facebook mereka terjaga dengan baik.

"Kami peduli terhadap proses demokrasi dan karena itu penting bagi kami untuk melindungi integritasnya. Kami tidak ingin ada orang yang menggunakan alat kami untuk mengacaukan demokrasi," ujar Politics and Government Outreach Facebook Asia Pacific, Roy Tan, seperti dilansir Antara, Rabu 12 Desember 2018.

"Kami memperkenalkan panduan ini sebelum Pemilihan Umum berlangsung di Indonesia sebagai bagian dari komitmen kami untuk melindungi dan menjaga integritas proses Pemilu," sambung dia.

Dalam panduan ini, lanjut Roy, para politisi dan partai politik dapat menemukan informasi mengenai cara menggunakan Facebook dan Instagram secara efektif serta membuat konten yang baik dan informatif.

Kemudian juga, mengoptimalkan pemakaian fitur serta iklan di Facebook/Instagram guna membangun percakapan yang otentik, informatif, menarik, dan bermakna.

"Melalui panduan ini, politisi dan partai politik dapat mempelajari praktik terbaik penggunaan Facebook dan Instagram untuk kebutuhan kampanye politik mereka," ucapnya.

Panduan ini, menurut Roy Tan, juga berisi informasi teknis tentang bagaimana cara untuk menggunakan fitur unik seperti Facebook Live dan Balasan Instan serta memoderasi komentar di Instagram.

"Kami ingin memastikan bahwa kredibilitas akun para politisi dan partai politik terjaga dengan baik. Sehingga, masyarakat Indonesia bisa mendapatkan informasi yang terpercaya serta perspektif yang beragam," ujar Roy Tan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genggam Tangan Ayahnya yang Sakit Keras, Foto Pengantin Ini Menyayat Hati

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Filipina - Warganet baru-baru ini dibuat haru dengan beredarnya sebuah foto yang menunjukkan seorang pengantin wanita asal Filipina, menangis sambil memegang tangan ayahnya yang sakit keras.

Foto yang menggetarkan hati warganet itu pertama kali diunggah akun Facebook bernama Happy Smile Studio. Akun tersebut menyebutkan bahwa foto itu diambil oleh fotografer mereka, Biboy Sajulga.

Jessie Tesoro, pemilik vendor foto itu mengatakan bahwa pengantin wanita bernama Herlyn Dumaguin sangat terpukul ketika melihat ayahnya merasa kesakitan karena kanker yang dialaminya saat momen bahagia pernikahannya.

"Sejauh yang saya tahu, ayah pengantin wanita mengalami kanker otak stadium empat," kata Jessie, seperti melansir World of Buzz, Sabtu (30/3/2019).

Awalnya ayah Herlyn dalam kondisi baik. Namun tak disangka, saat pernikahan akan berlangsung, ayah pengantin wanita tiba-tiba pingsan. 

"Sehari sebelum pernikahan, dia sangat bersemangat untuk mengantar putrinya. Sayangnya, pada hari H, dia pingsan," lanjutnya.

Sebelum melangsungkan prosesi pernikahan, Herlyn pergi ke ayahnya yang berada di sebuah mobil depan gereja untuk meminta izin sambil menciumnya.

"Pa, aku akan menikah sekarang, oke?" kata pengantin wanita.

 

 

Respons Warganet

(Happy Smile Studio/Facebook.com)

Unggahan tersebut pun ditanggapi beragam respons warganet. Hingga kini foto memilukan itu mengumpulkan sekitar 48 ribu reaksi serta lebih dari seribu komentar. Warganet pun merasa terharu dan mendoakan agar ayah pengantin wanita berangsung pulih.

"Foto pernikahan ini paling menyentuh. Kami berdoa untuk ayah kamu. Tuhan memberkati keluargamu," kata akun @Mikay Baa Herlyn Abasolo.

Sementara akun @Mikay Baa mengatakan, " Menahan air mataku menyaksikan adegan ini."

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPAI: Sebagian Besar Rekrutmen Prostitusi Anak Secara Online

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisioner Bidang Trafficking dan Eksploitasi Anak KPAI, Ai Maryati Solihah, mengatakan pada triwulan pertama 2019 ada delapan kasus besar prostitusi anak yang menjadi pantauan KPAI.

"Dari delapan kasus tersebut, sebanyak 80 persen rekrutmen melalui daring," kata wanita yang akrab disapa Ai dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Saat rekrutmen daring, pengguna dapat berinteraksi dan bertransaksi kapan dan dimana pun. Sedangkan sistem konvensional akan ada pola perpindahan tempat, penjemputan, penampungan dan eskploitasi manual.

Ai mencontohkan salah satu kasus prostitusi daring yang terjadi di Jakarta Barat, eksploitasi seksual disajikan secara live streaming sesuai harga yang ditetapkan oleh muncikari.

"Demikian juga kasus-kasus yang kami pantau mereka menggunakan media sosial untuk prostitusi seperti melalui Facebook, WhatsApp, Line dan sebagainya," kata Ai seperti dikutip dari Antara.

 

Ilustrasi prostitusi

Fenomena prostitusi online terjadi di seluruh Indonesia. Untuk mencegahnya, kata Ai, pengasuhan dalam keluarga menjadi kunci.

Anak korban prostitusi akan menerima kerugian luar biasa, seperti dari kesehatan reproduksi terpapar HIV AIDs serta kehamilan yang tidak diinginkan. KPAI merekomendasikan anak diberikan pendidikan kesehatan reproduksi dan pendidikan literasi era digital.

"Orang tua sudah sepatutnya membatasi jam mereka berselancar di dunia maya dan mengawasi mereka saat menggunakan gawai," kata Ai.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil dengan Rok Pendek, Kaki Jenjang Nindy Bikin Iri

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gaya berbusana Nindy Ayunda, selama ini memang kerap membuat heboh yang melihatnya. Tapi kali ini, penampilannya juga bikin iri.

Datang dalam acara anniversary sebuah lini fashion ternama, Nindy tampil dengan makeup sederhana. Begitu pun, dengan baju yang dikenakannya.

Tampil dengan atasan putih, dan rok mini hitam, Nindy tampak semakin muda. Ia menenteng sebuah tas kecil.

Nindy memperlihatkan penampilannya tersebut di akun Instagram, Kamis (28/3/2019).

Bikin Iri

Nindy Ayunda (Foto: Instagram)

Penampilan Nindy ini membuat beberapa selebritas iri, lantaran kecilnya kaki yang dimiliki pelantun "Terbiasa Bahagia" tersebut. Namun, tak sedikit yang memujinya.

"Ya Tuhan itu kaki segede tangan gwwwww, ninnnnn buseeett brp BB loe skrg ? Loe ga makan apaaa apaaa ya nin ??? sirik akutuuu," tulis akun @meisya_siregar.

"Ibuuuuuuuu cantik amat," timpal akun @alicenorin.

Bahkan Mayangsari memberikan emotikon hati di kolom komentar Nindy. 

Bareng Selebritas

Nindy Ayunda (Foto: Instagram)

Kehadiran Nindy dalam acara ini tak sendiri. Beberapa selebritas lainnya juga meramaikannya di antaranya Sandra Dewi, Ririn Ekawati, dan Nagita Slavina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi MU Vs Watford: Ajang Pembuktian Solskjaer

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Jakarta Manchester United (MU) akan ditantang Watford di Old Trafford pada pekan ke-32 Liga Inggris musim 2018/2019, Sabtu (30/3/2019).

MU harus memenangkan laga ini setelah menelan dua kekalahan beruntun untuk memudahkan finis di empat besar.

Sebelum jeda internasional, MU dikalahkan Arsenal 0-2 di Premier League dan disingkirkan Wolverhampton dengan skor 1-2 di perempat final FA Cup.

Sebanyak 19 dari 25 pemain tim utama United tak ambil bagian di jeda internasional. Ole Gunnar Solskjaer bisa lebih optimal mempersiapkan pasukannya. Namun ada beberapa pemain yang kondisinya masih sangat meragukan.

Salah satunya adalah Romelu Lukaku, yang melewatkan dua pertandingan Belgia akibat cedera. Melihat kondisi Lukaku, Solskjaer sepertinya akan mengandalkan trio Jesse Lingard, Marcus Rashford dan Anthony Martial di lini serang. Mereka bakal di-support oleh Paul Pogba, Nemanja Matic dan Ander Herrera dari lini kedua.

Martial dan Rashford masing-masing telah mencetak sembilan gol di Premier League musim ini. Satu gol lagi, mereka akan bergabung dengan Lukaku dan Pogba yang torehan golnya telah mencapai dua digit.

Sementara itu, dari kubu Watford, hanya Jose Holebas yang belum pasti fit untuk laga di Old Trafford ini. Selain itu, tak ada kendala bagi sang manajer Javi Gracia untuk meramu komposisi tim.

Salah satu pemain yang bakal diharapkan kontribusi terbaiknya adalah Gerard Deulofeu, yang menyumbang empat gol dan dua assist dalam empat penampilan terakhirnya di Premier League.

Sebelum jeda internasional, Watford telah memastikan diri lolos ke semifinal FA Cup dengan menjinakkan Crystal Palace 2-1 lewat gol-gol Etienne Capoue dan Andre Gray. Namun performa Watford di Premier League saat ini cukup mencemaskan.

Watford selalu kalah dalam dua laga tandang terakhirnya di Premier League, kebobolan delapan gol dan hanya bisa mencetak satu gol. Dua kekalahan itu mereka dapatkan di Anfield (0-5 vs Liverpool) dan Etihad Stadium (1-3 vs Manchester City). Sekarang, Watford harus bertandang ke markas MU, dan ini bukan tempat yang menyenangkan buat mereka.

Komposisi Pemain

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Romelu Lukaku ke gawang Southampton pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (2/3). MU menang 3-2 atas Southampton. (AFP/Oli Scarff)

Prakiraan Susunan Pemain

Manchester United (4-3-1-2): De Gea; Shaw, Lindelof, Smalling, Young; Pogba, Matic, Herrera; Lingard; Rashford, Martial

Manajer: Ole Gunnar Solskjaer

Watford (4-2-2-2): Foster; Masina, Cathcart, Mariappa, Janmaat; Doucoure, Capoe; Pereyra, Hughes; Deulofeu, Deeney

Manajer: Javi Gracia

 

5 Pertemuan Terakhir

15-09-2018 Watford 1-2 United (EPL)

13-05-2018 United 1-0 Watford (EPL)

29-11-2017 Watford 2-4 United (EPL)

11-02-2017 United 2-0 Watford (EPL)

18-09-2016 Watford 3-1 United (EPL)

Sumber: Bola.com

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Ini Juggling Bola Sejauh 96 KM di Gurun Sahara

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pesepakbola gaya bebas, John Farnworth juggling bola sambil melintasi Gurun Sahara sejauh 96 km. Laki-laki berusia 33 tahun tersebut melakukan perjalanan selama 6 hari dengan menembus suhu 40 derajat Celcius.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lakukan Penghematan, Sony Tutup Pabrik Smartphone di Tiongkok

Posted: 29 Mar 2019 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sony Corp kini tengah melakukan penutupan pabrik smartphone-nya di Beijing, Tiongkok. Informasi tersebut berasal dari seorang juru bicara Sony.

Penutupan pabrik smartphone ini dilakukan dalam rangka penghematan, seiring dengan kerugian yang terus ihadapi oleh divisi handset mereka.

Mengutip laman Reuters, Sabtu (30/3/2019), bisnis smartphone Sony ini merupakan titik lemah bagi perusahaan.

Di mana, pada 2018, kerugitan divisi smartphone Sony mencapai angka USD 863 juta atau setara Rp 12,2 triliun.

Sang juru bicara yang tak disebutkan namanya juga menyebutkan, keputusan untuk menutup pabrik smartphone mereka tidak terkait dengan hubungan dagang antara Tiongkok dengan Amerika Serikat yang kian memanas.

Dengan ditutupnya pabrik, proses produksi pun akan dihentikan mulai akhir bulan ini.

Sayangnya, juru bicara ini menolak menyebutkan berapa banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan mereka akibat penutupan pabrik smartphone Sony.

Setelah penutupan pabrik smartphone di Tiongkok, ke depannya Sony hanya akan membuat smartphone di pabriknya yang ada di Thailand.

Meski begitu, juru bicara juga menyebutkan, Sony akan terus mempekerjakan tenaga outsourcing.

Disarankan Jual Divisi Smartphone

Logo perusahaan Sony (ubergizmo.com)

Sejumlah analis menyarankan agar Sony menjual bisnis smartphone mereka, pasalnya persaingan harga dengan vendor smartphone lain di kawasan Asia tidak bisa dihindari.

Sejauh ini Sony hanya memiliki market share kurang dari 1 persen di dunia. Perusahaan Jepang ini hanya berhasil mengapalkan 6,5 juta perangkat, utamanya ke Jepang dan Eropa.

Namun begitu, Sony menyebut tidak memiliki niat menjual bisnis smartphone mereka. Hal ini karena perusahaan mengharapkan smartphone menjadi bagian sentral dari jaringan nirkabel generasi kelima (5G). Pada saat itu, mobil dan berbagai perangkat dapat dihubungkan.

Hal tersebut akan membuat bisnis Sony lebih menguntungkan pada per April 2020.

Fujitsu Jual Divisi Smartphone

Fujitsu (officesnapshots.com)

Selain Sony, sebelumnya ada vendor teknologi Fujitsu yang menjual bisnis perangkat mobile-nya ke perusahaan pendanaan Polaris Capital Group.

Setelah Fujitsu menjual bisnis smartphone-nya, kini hanya tinggal tiga vendor smartphone Jepang yakni Sony, Sharp, dan Kyocera Corp.

Apalagi, bisnis smartphone global kini didominasi oleh merek seperti Apple, Samsung, dan sejumlah vendor perangkat terjangkau dari Tiongkok.

Tahun lalu, Samsung menyebut akan menghentikan operasi di salah satu pabrik smartphone-nya di Tiongkok. Hal ini tak lain karena penjualan smartphone di dunia mengalami kemerosotan.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:sony xperia z l36h-130403.mp4]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Surya Paloh Ingatkan Kader Partai Nasdem Tidak Beri Serangan Fajar

Posted: 29 Mar 2019 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Kendari - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengaku prihatin atas tertangkapnya anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Bowo Sidik Pangarso, dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Kamis, 28 Maret 2019 dini hari.

"Saya tentu prihatin ya, apapun yang terjadi dalam hal itu pasti prihatin," kata Surya Paloh di Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat, 29 Maret 2018.

Dalam OTT itu, KPK kemudian menelusuri hingga berhasil menemukan uang senilai Rp 8 miliar yang telah dimasukkan kedalam amplop dan disimpan di dalam 84 kardus. Uang yang disembunyikan disuatu tempat di Jakarta itu rencananya akan digunakan untuk serangan fajar pada Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Atas kejadian itu, Surya Paloh pun mengingatkan seluruh kader Partai Nasdem untuk tidak melakukan hal serupa. "Saya ingin mengingatkan juga selaku Ketua Umum Nasdem untuk berhati-hati," ucapnya.

Tidak Terjadi di Partai Nasdem

Bekerja dengan baik saja, kata Surya Paloh, belum tentu dianggap benar, apalagi jika bekerja dengan tidak baik. Ia pun berharap agar kejadian yang menimpa kader Partai Golkar tidak terjadi di Partai Nasdem.

"Jalan yang baik aja itu belum tentu bisa diterima semua orang. Saya berharap agar tidak terjadi lah," tegasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP Argentina 2019: Honda Berencana Gunakan Winglet ala Ducati

Posted: 29 Mar 2019 07:50 PM PDT

Jakarta - Repsol Honda dilaporkan bakal memakai perangkat yang digunakan Ducati pada MotoGP Argentina, Minggu (31/3/2019). Motorsport memberitakan, mereka membawa itu setelah pengadilan banding FIM menyatakan winglet ala Ducati tidak melanggar aturan.

Honda menjadi satu dari empat pabrikan yang mempermasalahkan winglet yang dipakai pembalap Ducati pada MotoGP Qatar, tiga pekan lalu. Tiga pabrikan lainnya adalah Aprilia, KTM, dan Suzuki. Hanya Yamaha yang tak ikut memprotes. 

Winglet yang dipermasalahkan empat pabrikan itu tersebut dipasang di depan ban belakang. Mereka menuding perangkat tersebut berfungsi untuk aerodinamika, sehingga harus dilarang. Namun, Pengadilan Banding FIM menyatakan perangkat tersebuh sah digunakan. 

Setelah dinyatakan legal, Honda malah tertarik menjajal perangkat serupa di Argentina. Namun, bos Honda Alberto Puiq maupun Marc Marquez mengaku tak tahu apakah bakal menggunakan perangkat tersebut di MotoGP Argentina. 

"Saya tahu Honda dan tentu saja mereka berusaha menganalisis dan memahami fungsi secara khusus, dan di posisi mana yang bisa dikembangkan. Saya yakin semua pabrikan akan mencoba (winglet Ducati)," ujar Marquez. 

"Tapi, saya rasa perangkat tersebut tak mempertajam waktu, ini bocorannya," imbuh pembalap asal Spanyol tersebut. 

Komentar Marquez

Bos Honda, Alberto Puig, masih bersikukuh tak setuju dengan penggunaan winglet terbaru Ducati. Tapi, pabrikan asal Jepang tersebut bisa menerima aturan FIM. 

"Kami senang telah mengajukan bandung, karena kami yakin dan kami pikir winglet itu tak ada dalam buku peraturan. Tapi, di sisi lain kami menerima keputusan hakim. Begitulah," kata Puiq. 

 

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Olympus Mons, Gunung Api Terbesar di Tata Surya

Posted: 29 Mar 2019 07:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Di Mars ada gunung api, disebut terbesar di tata surya. Olympus Mons namanya, punya diameter 624 km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris: Manchester City Ancam Liverpool

Posted: 29 Mar 2019 07:46 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Persaingan di puncak klasemen Liga Inggris 2018/19 kembali terjadi pada akhir pekan ini. Sebelum, persaingan di Liga Inggris sempat terhenti menyusul adanya jeda internasional.

Liverpool masih memuncaki klasemen Liga Inggris. Skuat racikan Jurgen Klopp tersebut sudah mengantongi 76 poin hasil dari 31 pertandingan.

Liverpool unggul dua poin atas Manchester City yang berada di peringkat kedua. Tetapi, The Citizens baru memainkan 30 laga sehingga berpeluang untuk menyalip Liverpool di puncak klasemen.

Posisi Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris terancam karena akan menghadapi lawan berat, yakni Tottenham Hotspur, di Anfield, Minggu (31/3/2019). Sedangkan City menghadapi lawan lemah, yakni Fulham di Craven Cottage, Sabtu (30/3/2019) malam WIB.

 

Empat Besar

Para pemain Manchester United merayakan gol yang dicetak Romelu Lukaku ke gawang Southampton pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Sabtu (2/3). MU menang 3-2 atas Southampton. (AFP/Oli Scarff)

Persaingan juga terjadi di posisi empat besar. Arsenal, Manchester United, dan Chelsea masih bersaing untuk finis di peringkat empat besar.

Arsenal menghuni posisi empat dengan 60 poin. Tapi, The Gunners hanya unggul 2 poin dari Manchester United dan tiga poin dengan Chelsea.

Klasemen Liga Inggris

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barcelona Vs Espanyol: Menanti Gol Lionel Messi

Posted: 29 Mar 2019 07:40 PM PDT

Jakarta Barcelona akan menjamu sang rival sekota Espanyol di Camp Nou pada jornada 29 La Liga 2018-2019 pada Sabtu (30/3/2019). Barcelona sepertinya tidak perlu cemas dengan kondisi dua dari tiga penyerang terbaiknya.

Lionel Messi dan Luis Suarez dikabarkan fit untuk derby ini. Hanya Ousmane Dembele yang masih harus menepi.

Messi mengalami cedera panggul ketika kembali memperkuat tim nasional Argentina. Messi mendapatkannya saat melawan Venezuela, dan tidak ikut ketika menghadapi Maroko dalam laga kedua Argentina di jeda internasional.

Namun, setelah beristirahat empat hari, Messi sudah bisa kembali berlatih bersama Barcelona. Suarez pun demikian.

Suarez mengalami cedera engkel ketika melawan Real Betis sebelum jeda internasional. Suarez tak dipanggil Timnas Uruguay, jadi bisa fokus pada penyembuhannya di Barcelona. Sama seperti Messi, dia juga telah kembali berlatih normal.

Messi telah mencetak 23 gol dalam 32 penampilan melawan Espanyol di semua ajang. Sementara itu, Suarez sudah mencetak sembilan gol dalam 12 penampilan melawan tim yang sama.

Ini jelas bukan kabar bagus buat Espanyol, yang akan bertandang ke Camp Nou tanpa sejumlah pemain pilarnya. Di lini serang, mungkin cuma Borja Iglesias yang bisa menjadi ancaman buat Barcelona.

Borja Iglesias adalah top scorer sementara Espanyol di La Liga musim ini dengan torehan 11 golnya.

Melihat performa, Espanyol juga kurang meyakinkan. Hanya dua kemenangan dalam sepuluh pertandingan terakhir di La Liga jelas bukan modal bagus untuk bertandang ke markas Barcelona.

Espanyol memang sukses mencuri hasil imbang dalam tiga laga tandang terakhirnya di La Liga, yakni melawan Villarreal, Valencia dan Athletic Bilbao.

Namun lawatan ke Camp Nou memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam sembilan lawatan terakhir ke tempat ini di La Liga, Espanyol selalu tumbang, bahkan kebobolan total 31 gol dan hanya bisa mencetak dua.

 

Komposisi Pemain

Penyerang Barcelona, Lionel Messi berebut bola dengan bek Espanyol Mario Hermoso saat pertandingan Liga Spanyol di stadion Camp Nou, Barcelona (9/9). (AFP Photo/ Lluis Gene)

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Sergi Roberto, Pique, Lenglet, Jordi Alba; Rakitic, Busquets, Arthur; Messi, Luis Suarez, Coutinho

Pelatih: Ernesto Valverde

Espanyol (4-1-4-1): Diego Lopez; Rosales, Naldo, Mario Hermoso, Javi Lopez; Marc Roca; Hernan Perez, Melendo, Granero, Wu Lei; Borja Iglesias

Pelatih: Rubi

5 Pertemuan Terakhir

09-12-2018 Espanyol 0-4 Barcelona (La Liga)

04-02-2018 Espanyol 1-1 Barcelona (La Liga)

26-01-2018 Barcelona 2-0 Espanyol (Copa del Rey)

18-01-2018 Espanyol 1-0 Barcelona (Copa del Rey)

10-09-2017 Barcelona 5-0 Espanyol (La Liga)

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: