Kamis, 14 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


8 Fakta Penembakan Masjid di Christchurch Selandia Baru

Posted: 14 Mar 2019 09:57 PM PDT

Liputan6.com, Wellington - Penembakan masjid terjadi di Kota Christchurch, Selandia Baru pada Jumat pagi, 15 Maret 2019. Serangan menyasar sebuah masjid bernama Al Noor Mosque, dekat dengan teman kota Hagley Park.

Insiden itu adalah pertama kalinya dalam sejarah Selandia Baru, dengan otoritas lokal menyebutnya sebagai "tindakan kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya". Kepolisian setempat juga mengecam tindakan di Christchurch, mengatakan bahwa tidak akan ada tempat untuk kekerasan semacam itu.

Berikut adalah 8 Fakta penembakan di Christchurch Selandia Baru, dikutip dari berbagai sumber

 

Simak pula video pilihan berikut:

1. Penyerangan Terjadi Ketika Salat Jumat

Polisi dan staf ambulans membantu seorang lelaki yang terluka dalam insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Tiga korban penembakan adalah perempuan dewasa dan seorang lagi adalah gadis cilik. (AP Photo/Mark Baker)

Seorang anggota jemaah yang tengah berada di lokasi kejadian mengatakan kepada media, bahwa serangan terjadi saat dilaksanakannya salat Jumat. Saksi mata itu tengah berdiri di sisi masjid, menyimak bacaan imam dengan khusyuk, demikian dikutip dari NBC News pada Jumat (15/3/2019).

Menurut sumber yang tidak disebutkan identitasnya itu, imam tengah membaca ayat dengan damai dan tenang, namun tiba-tiba terdengar suara tembakan. Ia tidak melihat pelaku serangan, melainkan hanya menyaksikan para jemaah yang lari ketakutan.

2. Sekitar 4 Orang Jadi Korban

Sesosok tubuh tergeletak di jalan setelah insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Saksi mata mengatakan kepada wartawan New Zealand Stuff dia melihat empat orang tergeletak bersimbah darah. (AP Photo/Mark Baker)

Seorang saksi mata lain mengatakan kepada media One News bahwa ia melihat tiga orang terkapar di lantai luar gedung, dengan tubuh berlumuran darah.

Jumlah korban kemudian bertambah menjadi 4 orang, dengan jumlah pasti korban belum diketahui hingga saat ini.

Sebelumnya, saksi mata mendengar setidaknya 20 tembakan.

Korban luka diketahui berjenis kelamin perempuan, tiga orang merupakan perempuan dewasa dan seorang lainnya adalah anak kecil. Belum diketahui apakah ada korban tewas dalam insiden itu.

3. 15 Mobil Polisi Diterjunkan

Polisi mengevakuasi orang-orang saat terjadi insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Saat kejadian ada sekitar 300 orang yang tengah menjalankan ibadah salat Jumat. (AP Photo/Mark Baker)

Segera setelah serangan terjadi, kepolisian dan barian anggota bersenjata diterjunkan untuk menyisir dan bersiaga di jalan Deans Avenue.

Saat itu, semua orang di Deans Avenue terlihat berlari menyelamatkan diri dengan kawalan polisi bersenjata.

4. Serangan Juga terjadi di Masjid Kota Linwood

Polisi mengevakuasi warga saat terjadi insiden penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Polisi Kota Christchurch langsung dikerahkan ke sekitar lokasi penembakan. (AP Photo/Mark Baker)

Penembakan juga terjadi di Linwood Mosque, daerah suburban Kota Linwood, pada waktu yang hampir bersamaan.

Dalam kejadian Linwood, salah seorang anggota jemaah membalas tembakan dari dalam masjid dengan menggunakan senjata tertentu yang diduga merupakan senapan angin. Jemaat itu terdengar berteriak, ingin menembak untuk alasan "membela diri".

5. Seorang Terduga Pelaku Ditangkap

Sejumlah ambulans terparkir setelah penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Saksi mata mengatakan kepada wartawan New Zealand Stuff bahwa dia mendengar setidaknya 20 tembakan. (AP Photo/Mark Baker)

Kepolisian Selandia Baru telah menangkap seorang terduga pelaku teroris dan meyakini bahwa mungkin terdapat tersangka lain yang berhasil melarikan diri.

6. Polisi Imbau Muslim Selandia Baru Tidak Pergi ke Masjid Sementara Waktu

Masjid Al Noor Christchurch, Selandia Baru (dok. YouTube/Isha Masoodi)

Polisi mengimbau siapapun untuk menahan diri tidak mengunjungi masjid di Selandia Baru, hingga pengumuman selanjutnya. Hal itu dilakukan demi keamanan.

7. Sekolah dan Gedung Juga Dikunci

Warga menunggu dekat lokasi penembakan di Masjid Al Noor, Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3). Polisi masih menyisir lokasi kejadian dan mengosokan seluruh ruas jalan Deans Avenue. (AP Photo/Mark Baker)

Selain imbauan untuk tidak pergi ke masjid hingga situasi kembali konusif dan aman, sejumlah penduduk telah berinisiatif untuk mengunci sekolah dan gedung, sebagaimana diwartakan oleh media Vog News.

8. Masih Menjadi Misteri

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Hingga saat ini setidaknya terdapat tiga hal yang masih menjadi misteri, belum diketahui oleh pihak berwajib. Tiga hal yang dimaksud adalah motif atau alasan penyerangan, identitas pelaku penembakan, serta jumlah pasti dari pelaku.

Selain misteri terkait pelaku serangan, sejumlah informasi juga belum didapatkan oleh media seperti berapa jumlah pasti korban dan identitas mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Merawat Ikan Cupang yang Baik, Ikan Enggak Mudah Mati

Posted: 14 Mar 2019 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merawat ikan cupang gampang-gampang susah-susaha. Ikan cupang menjadi ikan hias yang banyak digemari pecinta ikan. Dengan perawatan yang baik, kamu tentu enggak selalu harus membeli ikan cupang karena ikan mati. 

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang ada yang dikenal dengan mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut serta ada juga yang membangun sarangnya dengan busa atau bublle nest.

Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Oleh karena itulah ikan cupang banyak sekali digemari dan dipelihara oleh banyak kalangan.

Bagi kamu yang ingin memelihara ikan cupang, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber cara merawat ikan cupang biar gak gampang mati, Jumat (15/3/2019).

1. Wadah untuk ikan cupang

Wadah untuk cupang ini bisa kamu bikin atau disediakan dari apa saja, seperti akuarium, toples atau lainnya. Namun, saat kamu memilih wadah akuarium yang harus kamu tahu adalah pilihlah wadah dengan ukuran yang kecil sekitar berdiameter 20 x 15 x 15 cm.

Memang, ikan cupang dapat hidup di akuarium dengan ukuran apa saja namun ikan cupang merupakan jenis ikan soliter dan kecil jadi buat apa juga menyediakan wadah yang besar. Wadah ini bisa kamu kreasikan dengan batu dan tanaman palsu agar tampak lebih berwarna atau jika kamu ingin tanpa apa-apa juga gak masalah.

2. Air untuk ikan cupang

Ini merupakan salah satu langkah penting yang harus kamu perhatikan. Air yang baik untuk ikan cupang sangat disarankan menggunakan air dari sumur.

Karena pada dasarnya ikan cupang adalah jenis ikan air tawar, jadi dengan air sumur seakan jadi habitat aslinya akan semakin terasa dan membuat ikan cupang makin bisa hidup nyaman.

Akan tetapi tidak ada air sumur, kamu bisa menggunakan air PAM atau sumber air lainnya. Dan disarankan sebelum memasukan air ke wadah ikan cupang ada baiknya untuk mendiamkan dulu air tersebut di ember atau sejenisnya serta rutinlah untuk mengganti air minimal 3 hari sekali.

3. Makan untuk ikan cupang

Untuk memberi makan ikan cupang kamu cukup menaburkannya saja ke dalam akuarium. Biasanya, ikan cupang sendiri lebih suka memakan makanan yang mengambang di atas permukaan air dan berikanlah makanan ikan cupang tersebut secara bertahap.

Namun, Jika makanan yang kamu berikan sudah habis, berikan kembali dengan jumlah yang lebih sedikit dari yang pertama.

Jangan memberi makanan terlalu banyak karena makanan yang tersisa dapat mengotori akuarium dan memicu timbulnya penyakit. Jika ingin menghasilkan ekor ikan cupang yang bagus, berikanlah makanan yang baik bagi pertumbuhan ekornya seperti jentik nyamuk, kutu air.

Biasanya, jentik nyamuk sudah cukup bisa membuat ekor ikan hias cupang lekas bagus

4. Membersihkan wadah ikan cupang

Ini juga langkah yang tidak kalah penting dalam merawat ikan cupang. Jika kamu malas-malas dalam membersihkan ikan cupang, maka jangan berharap ikan cupangmu akan bertahan lama.

Menjaga kebersihan tempat hidup ikan cupang sangatlah penting. Hal ini dikarenakan bahwa setiap ikan cupang hanya tahan pada jenis air yang berbeda kekerasan serta pH airnya.

Alangkah lebih baiknya jika kamu membersihkan ikan cupangmu satu kali dalam satu minggu agar wadahnya tetap bersih serta ikan cupangmu bisa hidup lama.

5. Menjemur ikan cupang

Ini mungkin yang paling sering dilewatkan atau diabaikan oleh orang-orang yang memiliki ikan cupang. Menjemur ikan cupang juga merupakan salah satu aktivitas yang wajib kamu lakukan.

Menjemur ikan cupang ini bertujuan agar ikan lebih fresh sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit dan akuariumnya.

Kalau bisa letakan akuarium tersebut di tempat dengan suhu yang stabil, tidak terlalu panas dan juga tdak terlalu dingin.

Menjemur ikan cupang ini hukumnya tidak wajib, hanya sesekali saja. Selain itu ikan cupang yang memiliki warna hitam yang dominan sebaiknya tidak dijemur karena dapat membuatnya panik.

Mungkin warnanya yang hitam membuatnya lebih peka dalam menyerap panas matahari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Terus Naik, Pedagang Sebut Sudah Biasa Jelang Pemilu

Posted: 14 Mar 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga bawang di Pasar tradisional Kwitang Dalam, Jakarta Pusat terus naik. Kenaikan dikatakan biasa terjadi jelang Pemilihan Umum (Pemilu) yang berlangsung tiap 5 tahun sekali.

"Ini mau pemilu. Setiap mau pemilu suka pada naik (harga bawang)," ungkap Sueb (28 tahun), salah seorang pedagang sayur kepada Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

Seperti bawang putih, yang harganya telah melonjak sejak 3 hari lalu. "Bawang putih (cutting) sekarang Rp 50 ribu (per kg), udah 3 hari. Biasa Rp 30 ribu. Kalau yang bulat Rp 30 ribu (per kg). Biasanya Rp 20 ribu," jelas dia.

Begitu juga bawang merah, lanjutnya, dari harga normal di kisaran Rp 24 ribu per kg kini melambung jadi Rp 40 ribu per kg.

Kenaikan harga produk bawang juga diutarakan pedagang lain Sum (49 tahun). Harga bawang putih dan bawang merah dikatakan sudah tinggi sejak dari pihak penyetor.

"Makin naik bawang-bawangan. Bawang putih (cutting) kotornya sekarang dah mahal, Rp 39 ribu (per kg). Sekarang harga jualnya jadi Rp 48 ribu. Biasanya sekitar Rp 30 ribu (per kg)," tuturnya

"Bawang putih bulat harga jualnya tinggi, Rp 30 ribu (per kg). harga kotornya Rp 25 ribu," dia menambahkan.

 

Harga Komoditas Lain

Harga sayuran, daging ayam hingga daging sapi mengalami kenaikan menjelang lebaran. (Liputan6.com/Bawono Yadika)

Di luar bawang, harga komoditas sayuran lain di Pasar Kwitang Dalam terpantau normal. Untuk produk cabai, Sueb dan Sum kompak menawarkan cabai rawit merah di angka Rp 30 ribu per kg.

Keduanya juga menjual cabai merah keriting dengan nominal sama, yakni Rp 25 ribu per kg. Untuk cabai rawit hijau, Sueb memasang harga Rp 24 ribu per kg, sementara Sum Rp 25 ribu per kg.

Lonjakan harga juga belum terjadi pada produk tomat buah, kol dan timun yang Sueb jual. Dia menjual tomat dengan harga standar yakni Rp 8 ribu per kg, kol Rp 5 ribu per kg, serta timun Rp 7 ribu per kg.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kronologi Penembakan Masjid di Selandia Baru

Posted: 14 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang korban selamat bercerita soal kronologi penembakan masjid di Selandia Baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: KPK Tangkap Rommy di Kementerian Agama Sidoarjo

Posted: 14 Mar 2019 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap ketua umum partai politik dalam operasi tangkap tangan (OTT). Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera membenarkan kabar tersebut.

"Iya benar KPK OTT," ujar Barung kepada merdeka.com, Jumat (15/3/2019).

Barung memberi bocoran, petinggi parpol yang ditangkap KPK adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy atau yang akrab disapa Rommy.

"KPK tangkap Rommy jam 09.00 WIB di Kementerian Agama Sidoarjo," katanya.

Pengurus PPP Belum Dapat Info

Sementara itu, Komisioner KPK dan Juru Bicara KPK masih belum memberikan keterangan resmi soal penangkapan ini. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Achmad Baidowi mengaku tak mengetahui kabar tersebut. "Saya belum tahu, saya lagi kunker," ujar Baidowi, Jumat (15/3/2019).

Berita penangkapan inipun, kata Baidowi belum tersebar di kalangan internal PPP. "Belum dapat info, kalau ada kita sampaikan," kata dia.

Baidowi pun meminta wartawan untuk bertanya langsung kepada Sekjen PPP Arsul Sani atau Waketum PPP Arwani Thomafi namun ketika dihubungi keduanya tidak merespons.

 

Reporter: Eko Prasetya

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu RI: Ada 6 WNI di TKP Penembakan Masjid di Christchurch, 3 Melarikan Diri

Posted: 14 Mar 2019 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah serangan penembakan terjadi pada Jumat pagi, yang menyasar sebuah masjid di dekat Hagley Park, Kota Christchurch, Selandia Baru. Insiden tersebut merupakan yang pertama kalinya meneror tempat ibadah di negara itu.

Seorang saksi mata di dalam masjid mengatakan dia mendengar suara tembakan, dan melihat dari kejauhan, empat orang jatuh ke tanah dengan penuh luka. Diperikirakan ada korban luka dalam kejadian yang terjadi tepat pada saat salat Jumat di Masjid Al Noor.

Belum jelas apakah ada korban jiwa.

Angkat bicara mengenai kasus tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa pihaknya di Selandia Baru memantau dari dekat peristiwa itu.

Retno Marsudi mengatakan sudah mendapatkan informasi dari pihak duta besar Selandia Baru untuk Indonesia, Tantowi Yahya bahwa terjadi penembakan sekitar pukul 13.40 waktu Selandia Baru.

"Informasi yang kita kumpulkan. Informasi awal, terdapat 6 warga negara indoensia yang berda di masjid tersebut," kata Retno di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2019).

Tiga warga Indonesia kata Retno berhasil melarikan diri. Dan pihaknya saat ini sedang mencari kembali tiga warga negara Indonesia yang lainnya.

"Kita sedang mencari tiga warga negara Indonesia yang lainnya, dapat saya sampaikan di Christchurch ada sekitar 330 WNI, 130 di antaranya adalah pelajar itu mendengar ada insiden penembakan tersebut. KBRI sudah menerjunkan tim protokol konsuler," papar Menlu.

Retno menjelaskan pihaknya sudah berada di sana. Terkait pelaku dan motifnya seperti apa, Retno pun belum memperoleh info selanjutnya. Dia pun berharap bisa secepatnya menghubungi tiga WNI yang belum ditemukan dalam insiden penembakan Christchurch

"Sampai sekarang belum diperoleh informasi dan mudah-mudahan kita berdoa, agar kita bisa mengontak tiga warga negara Indonesia yang lainnya," kata Retno.

"Yang penting adalah mesin perlindungan (WNI) jalan, dan tim dari KBRI Wllington sudah ada di tempat," tambah Retno.

Sementara itu, polisi Selandia Baru memperingatkan penduduk kota Christchurch untuk tetap di dalam rumah dan bangunan, serta diminta segera menelepon layanan darurat 111 jika melihat perilaku dan hal mencurigakan di sekitar mereka.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Penembakan Juga Terjadi di Kota Linwood

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Bersamaan dengan insiden penembakan di Christchurch, kejadian serupa juga dilaporkan terjadi di sebuah masjid di Kota Linwood yang bertetangga.

Salah seorang jemaat dilaporkan membalas tembakan dari dalam masjid dengan menggunakan senjata, diperkirakan senapan angin, demikian sebagaimana dikutip dari New Zealand Herald pada Jumat (15/3/2019).

Saksi mata mengatakan mereka mendengar beberapa tembakan sekitar pukul 13.45 waktu setempat.

Seorang jemaat muslim lokal dikabarkan sempat mengejar pelaku penembakan --hanya disebut sebagai seorang pria-- dengan melepaskan dua tembakan, ketika berusaha melarikan diri.

Jemaat tersebut terdengar berteriak ke arah petugas polisi yang ikut mengejar, bahwa dia menembak untuk "membela diri".

Adapun terduga pelaku penembakan berhasil kabur, dan kini masih dalam pengejaran polisi.

Sementara, jemaat yang melepaskan dua tembakan balasan telah diamankan pihak kepolisian untuk diminta keterangan.

Belum ada laporan resmi lainnya dari polisi terkait penembakan tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Kabar Penangkapan Ketum PPP Romahurmuziy, Ini Kata Ketua KPK

Posted: 14 Mar 2019 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan soal penangkapan seorang ketua umum partai di Jawa Timur. Namun, Ketua KPK Agus Rahardjo tidak membenarkan maupun menampik ketum yang ditangkap itu adalah Romahurmuziy atau Romi.

"Betul ada giat KPK di Jatim," kata Agus kepada Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

Menurut dia, yang bersangkutan sedang diperiksa KPK di Polda Jawa Timur. "Sedang dilakukan pemeriksaan oleh KPK bertempat di Polda Jatim."

KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status yang ketum parpol tersebut. "Statusnya akan ditentukan sesuai KUHAP setelah selesai pemeriksaan. Tunggu konpers lanjutannya di KPK nanti malam atau besok pagi," kata Agus.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jenis Jamur yang Bisa Dimakan, Jangan Sampai Salah Pilih

Posted: 14 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olahan jamur merupakan salah satu kudapan lezat dalam berbagai menu masakan. Sebut saja jamur crispy yang begitu renyah dan gurih rasanya. Namun, tidak semua jenis jamur bisa diolah menjadi kudapan nikmat.

Jenis jamur yang bisa dimakan adalah tubuh jamur berdaging dari beberapa spesies makrofungi atau jamur yang memiliki struktur buah yang cukup besar untuk dilihat dengan mata telanjang.

Jenis jamur yang bisa dimakan dapat muncul di bawah tanah (hypogeous) atau di atas tanah (epigeous) di mana mereka dapat dipetik dengan tangan. Jenis jamur yang bisa dimakan dapat ditentukan oleh kriteria yang mencakup tidak adanya efek beracun pada manusia serta rasa dan aroma yang diinginkan.

Jenis jamur yang bisa dimakan dikonsumsi untuk nilai gizi dan nilai kulinernya. Jenis jamur yang bisa dimakan termasuk banyak spesies jamur yang dipanen liar atau dibudidayakan.

Jamur yang dibudidayakan umum sering tersedia di pasar, dan jamur liar yang lebih sulit diperoleh seperti truffle, matsutake, dan morel dapat dikumpulkan dalam skala yang lebih kecil oleh para mengumpul jamur. Jenis jamur yang bisa dimakan bisa berharga sangat mahal tergantung dari caranya didapatkan.

Agar tak salah pilih jenis jamur yang bisa dimakan, berikut beberapa jenis jamur yang bisa dimakan yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (15/3/2019)

Jenis Jamur yang Bisa Dimakan, Paling Sering Ditemui

(Sumber: iStockphoto)

1. Jamur Tiram

Jamur tiram sangat banyak dijual di pasaran. Bentuknya putih, lebar, bergerombol seperti payung, dan menyerupai cangkang tiram. Banyak ibu menyukai jamur ini untuk dijadikan hidangan jamur crispy yang renyah dan gurih.

2. Jamur Kancing

Selain jamur tiram, jamur kancing juga mudah ditemui di supermarket. Bentuknya bulat mirip kancing dan sering dikreasikan dalam masakan seperti lumpia isi kornet jamur atau masakan Barat sejenis pastry.

Jenis jamur ini warnanya creamy, lembut, dan jenis jamur yang paling murah harganya. Ketika matang, warnanya akan berubah menjadi kecoklatan. Jamur kancing kaya kandungan vitamin B, selenium, tembaga, potassium, kaya nutrisi dan serat lainnya.

3. Jamur Merang

Jamur berbentuk bulat telur ini tidak mudah berubah bentuk saat dimasak. Selain itu rasanya enak dan gurih. Kandungan proteinnya cukup tinggi, sekitar 3,2 gram protein per 100 gram jamur. Jamur merang dapat dimanfaatkan untuk masakan sederhana seperti orak-arik telur jamur merang.

4. Jamur Kuping

Meski warnanya cokelat dan nampak basah, namun jamur kuping sangat enak untuk disantap. Bentuknya tipis dan kenyal dan biasanya dijual dalam dua bentuk, basah ataupun kering. Jamur kuping kering memiliki bentuk yang lebih menyusut dan keras.

5. Jamur Enoki

Jamur Enoki adalah satu dari macam-macam jamur yang memiliki aroma buah-buahan. Bentuknya panjang, batangnya putih dan bisa dimakan mentah, dimasukkan ke dalam sup atau dicampurkan dalam berbagai jenis makanan.

6. Jamur Shimeji

Macam-macam jamur memang beragam serta tersebar di seluruh dunia. Jenis jamur yang punya bayang tipis, ringan, dengan topi berwarna cokelat. Bisa dicampurkan dalam nasi goreng, sup dan disiram saus. Untuk mengolah jamur Shimeji harus dimasak hingga matang.

7. Jamur Chanterelle

Warnanya kuning, oranye, cokelat bahkan ada yang hitam. Jamur ini biasa diimpor dan digunakan untuk disajikan beserta daging panggang.

8. Jamur Shitake

Jamur yang satu ini warnanya beige atau cokelat gelap. Jamur shitake banyak digunakan dalam masakan Jepang seperti udon seafood. Namun untuk mengonsumsi jamur shitake, perlu diwaspadai karena jamur ini mirip dengan jamur beracun 'Omphalotus guepiniformis'. Jadi bila ingin membeli jamur shitake, sebaiknya lebih teliti karena kedua jamur ini sangat mirip.

Jenis Jamur yang Bisa Dimakan Dikenal Mahal

(Sumber: iStockphoto)

1. Jamur Porcini

Jenis jamur mahal ini tersedia dalam varietas kering dan basah. Jamur basah, sangat ringan rasanya, sedang yang kering rasanya pekat. Jamur ini punya kelebihan anti peradangan, biasa dihidangkan dalam bentuk risotto atau sup.Pilihlah jamur berwarna cokelat yang tidak memiliki bintik-bintik hitam atau pucat.

2. Jamur White Truffle

White truffle sendiri merupakan salah satu jamur termahal yang ada di dunia. Mengutip laporan Thelocal.it, harga White Truffle pada 2017 melonjak drastis. Di pameran White Truffle di Alba, Piedmont, harga rata-rata harga jamur ini mencapai 6 ribu euro per kg. Jika dirupiahkan, 6 ribu euro kurang lebih sekitar Rp 102 juta.

3. Jamur Morel

Jamur Morel menjadi salah satu primadona. Jamur ini sulit untuk dibudidayakan sehingga harganya sangat mahal. Jamur Morel sering digunakan untuk makanan mewah dan kaya akan antioksidan yang baik untuk menyeimbangkan gula darah serta memperbaiki kerusakan hati.

 

Jenis Jamur yang Bisa Dimakan lainnya

(Sumber: iStockphoto)

1. Jamur Puffball

Jamur Puffball merupakan jenis jamur yang tidak beracun. Ukuranya memang sangat besar, rata-rata berdiameter 30 centimeter atau lebih. Jamur ini berhabitat di hutan-hutan. Jamur Puffball sering juga disebut jamur Bola Raksasa karena bentuknya menyerupai bola yang besar. Bila dimakan, rasanya gurih seperti tahu. Terkadang jamur ini juga sering pecah hingga nampak bagian dalamnya.

2. Jamur Pom Pom

Jamur yang bernama Latin Hericium Erinaceus ini juga punya nama lain, salah satunya jamur Pom Pom. Meski terlihat aneh, jamur yang berasal dari Amerika Utara ini bisa dimakan.

3. Jamur Tudung Pengantin

Terdapat macam-macam jamur dengan nama unik salah satunya jamur yang satu ini. Jamur Tudung Pengantin (Phallus indusiatus) memiliki jaring layaknya tudung pengantin wanita. Jamur yang sering digunakan untuk masakan Cina ini dapat ditemukan di hutan Asia Selatan hingga Amerika. Jamur ini berbau seperti bangkai guna untuk menarik serangga.

4. Jamur Otak

Jamur ini disebut jamur otak karena bentuk topinya yang menyerupai otak. Jamur ini bisa beracun jika dimakan mentah. Namun jika direbus beberapa kali, bisa jadi makanan lezat. Salah satunya terdapat pada menu masakan di Skandinavia, Eropa Timur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drawing Liga Champions: Juventus Diharapkan Tak Bertemu City

Posted: 14 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga Champions musim 2018/19 telah memasuki babak perempat final. Delapan sudah memastikan lolos ke babak tersebut.

Rencananya, pengundian babak perempat final Liga Champions akan digelar di Nyon, markas UEFA, Jumat (15/3/2019) pukul 12.00 CET atau pukul 18.00 WIB.

Terkait dengan itu, mantan pemain Liverpool, Andrea Dossena, tidak mengharapkan Juventus bertemu dengan Manchester City di perempat final Liga Champions. Meski City tak punya reputasi bagus di Eropa, klub Inggris itu dianggapnya bisa menyulitkan Bianconeri.

City melaju ke delapan besar Liga Champions dengan cara yang sangat meyakinkan. Mereka menang dengan skor 7-0 atas Schalke di leg kedua babak 16 besar di Etihad sehingga lolos dengan agregat skor 10-2.

Tim asuhan Josep Guardiola saat ini dianggap sebagai salah satu favorit untuk memenangkan Liga Champions. Kendati demikian, Juventus dan Barcelona juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Juventus sendiri lolos ke perempat final dengan cara yang dramatis. Setelah kalah 0-2 dari Atletico Madrid di pertemuan pertama, Juventus melakukan comeback dalam laga yang digelar di Allianz Stadium.

Hindari City

Para pemain Manchester City merayakan gol ke gawang Schalke pada laga Liga Champions. (AFP/Oli Scarff)

City bisa menjadi lawan Juventus di babak perempat final Liga Champions. Namun, Dossena menganggap Juventus akan mendapat keuntungan jika mereka bisa menghindari City meski tim Inggris itu tidak punya sejarah yang bagus di kompetisi Eropa.

"Saya akan menghindari City," kata Dossena kepada Rai Sport.

"Dengan yang lain, Juventus bisa bermain dengan kondisi yang sama.

"City tidak punya sejarah di masa lalu, tetapi bahkan jika mereka tidak punya faktornya, saya ingin menghindari mereka karena mereka bermain bagus."

Ronaldo Hat-trick

Striker Juventus, Cristiano Ronaldo, melakukan selebrasi usai membobol gawang Frosinone pada laga Serie A di Stadion Allianz, Turin, Jumat (15/2). Juventus menang 3-0 atas Frosinone. (AP/Alessandro Di Marco)

Cristiano Ronaldo menjadi pahlawan Juventus saat mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 3-0. Tak tanggung-tanggung, bintang asal Portugal itu memborong semua gol kemenangan timnya.

Dua gol Ronaldo melawan Atletico terjadi lewat sundulan. Sementara itu, gol yang ketiga berasal dari penalti.

Dengan demikian, pemain berusia 34 tahun itu sudah membuat delapan hat-trick di Liga Champions sejauh ini. Dia pun menyamai rekor Lionel Messi sebagai pencetak hat-trick paling banyak di kompetisi tersebut.

Sumber: bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: Madura United Vs Borneo FC di Indosiar

Posted: 14 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Madura United siap mengamankan tiket 8 Besar Piala Presiden 2019. Sore ini, mereka akan memainkan laga terakhir Grup D, menghadapi Borneo FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Madura United wajib memenangkan laga yang akan disiarkan Indosiar ini. Pasalnya, mereka harus bersaing ketat dengan Persija Jakarta untuk memperebutkan juara Grup D Piala Presiden 2019.

Saat ini, Madura United dan Persija sama-sama mengoleksi empat poin, hasil dari sekali menang dan sekali imbang. Namun, Persija unggul dalam produktivitas gol.

Di sisi lain, laga ini tak lagi berpengaruh bagi Borneo FC. Pasalnya, di dua lawa awal, mereka dua kali mengalami kekalahan.

Namun, bukan berarti Madura United akan dengan mudah meraih kemenangan. Sebab, Borneo FC tentu juga berambisi menutup laga Grup D dengan kemenangan.

Saksikan Live Streaming Piala Presiden 2019: Madura United Vs Borneo FC di Indosiar mulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Piala Presiden 2019: Madura United Vs Borneo FC di Indosiar di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Piala Presiden 2019: Madura United Vs Borneo FC di Indosiar silakan klik di sini....

Prediksi Susunan Pemain

Madura United (4-3-3): Muhammad Ridho (kiper); Alfath, Jaimerson, Fandri Imbiri , Andik Rendika Rama (belakang); Zah Rahan, Dane Milovanovic, Asep Berlian (tengah); Engelbert Sani, Aleksandar Rakic, Alberto Goncalves (Depan)

Pelatih: Dejan Antonic

Borneo FC (4-3-3): Nadeo Agrawinata (kiper); Abdul Rahman, Jan Lammers, Javlon Gusenov, Diego Michiels (belakang); Asri Akbar, Wahyudi Hamisi, Terens Puhiri (tengah); Renan Silva, Lerby Eliandry, Ambrizal Umanailo (depan).

Pelatih: Fabio Lopez

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua KEK Baru Bangka Belitung Beri Devisa USD 1 Miliar ke Indonesia

Posted: 14 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bangka Belitung bakal memiliki dua kawasan ekonomi khusus (KEK) baru yakni Tanjung Gunung dan Sungailiat. KEK baru ini diyakini dapat mendorong kunjungan wisatawan sebanyak satu juta ke Bangka Belitung tiap tahun.
 
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan potensi devisa yang bakal masuk dari kunjungan satu juta wisatawan ini mencapai USD 1 miliar per tahun.
 
"Di Tanjung Gunung saja bisa 500.000 sampai satu juta wisatawan sendiri," ujarnya saat ditemui di KEK Tanjung Gunung, Bangka Belitung, kemarin.
 

 
Dia melanjutkan potensi investasi dari dua KEK ini mencapai rata-rata Rp 5 triliun. "Kita harapkan tema berbeda. Tanjung gunung MICE. Di sana (Sungailiat) resort. Itu akan saling melengkapi," ucapnya.
 
Guna menarik wisatawan, Menteri Arief menyarankan pengelola Tanjung Gunung untuk bisa membuat landmark berupa theme park. "Seperti Mandalika bisa menarik motoGP. Dan itu sudah diterima pak presiden, final," kata dia.
 
Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menambahkan ada dua tantangan yang harus dipecahkan pengelola dua KEK ini. Pertama, masalah pembebasan lahan. Kedua, mengubah budaya masyarakat.
 
"Saya percaya begitu mereka (pengelola Tanjung Gunung) sudah tuntas urusannya (pembebasan lahan) dengan PT Timah, karena ini kuasa pertambangan PT Timah, begitu dia selesai kita akan proses."
 
"Selain itu, budaya orang Bangka Belitung itu petambang. Bagaimana mempengaruhi orang untuk siap melayani itu tema sendiri," tambahnya.
 
Presiden Joko Widodo memastikan jika permasalahan lahan dua KEK ini bisa diselesaikan, dirinya akan segera menandatangani peraturan yang menjadi payung hukumnya.
 
"Sedang diproses. Tadi baru di tanya ke menko ekonomi. Masih ada urusan pembebasan lahan. Nanti selesai masuk, kita tanda tangan. Secepat cepatnya. Karena peminat masuk sana sudah ada," kata dia.
 
Reporter: Harwanto Bimo
 
Sumber: Merdeka.com

KEK Tanjung Kelayang Telah Serap Investasi Rp 489 Miliar

Tanjung Kelayang di Provinsi Bangka Belitung (Babel). (dok.Instagram @kelayang_island/https://www.instagram.com/p/BUctDUXAG1D/Henry)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Pulau Belitung, Bangka Belitung. KEK tersebut diharapkan mempercepat pembangunan ekonomi daerah serta meningkatkan daya saing ekonomi melalui peningkatan investasi.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan salah satu investor yang sudah merealisasikan penanaman modalnya di KEK Tanjung Kelayang ialah Sheraton. Di mana, nilai investasinya mencapai Rp 489 miliar.

"Itu baru 76 persennya. Diharapkan 100 persen selesai pada Agustus nanti," ujarnya saat ditemui di Bangka Belitung, Kamis (14/3/2019).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah menargetkan KEK Tanjung Kelayang bisa menyerap investasi hingga Rp 9 triliun. "Diharapkan di KEK lain berikutnya juga akan masuk investasi," ucapnya.

Dibangun di areal seluas 324 hektare, KEK Tanjung Kelayang diproyeksikan dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 23.645 orang. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution dalam laporannya menuturkan, sampai saat ini sudah 12 (dua belas) KEK yang ditetapkan, 8 (delapan) diantaranya bertema manufaktur, dan 4 (empat) diantaranya bertema kepariwisataan.

Adapun yang sudah resmi beroperasi ada 6 (enam) KEK, yaitu KEK Sei Mangkei, KEK Tanjung Lesung, KEK Palu, KEK Mandalika, KEK Galang Batang, dan KEK Arun Lhokseumawe. "KEK Tanjung Kelayang, bersama dengan KEK Bitung, Morotai, dan Maloy Batuta Trans Kalimantan Insha Allah sudah dapat diresmikan pengoperasiannya," sambung Menko Darmin.

KEK ini dikembangkan sebagai instrumen transformasi ekonomi masyarakat Bangka Belitung, dari sebelumnya pertambangan timah, menjadi kepariwisataan. Provinsi yang dulunya bergabung dengan Sumatera Selatan inipun bersiap diri menjadi destinasi wisata kelas dunia.

"Lokasi KEK Tanjung Kelayang sangat strategis karena terletak di Pulau Belitung, yang secara geografis berada di antara Jakarta dan Singapura, yang diincar sebagai target captive market. Hingga saat ini di KEK Tanjung Kelayang sudah berhasil menarik investasi dengan menghadirkan jaringan hotel internasional seperti Starwood Asia Pacific dan Accor Asia Pacific," tambah Darmin.

Reporter: Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bobol Gawang Rennes, Aubamayeng Kenakan Topeng Black Panther

Posted: 14 Mar 2019 09:30 PM PDT

Selebrasi striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris  (14/3). (REUTERS/David Klein)

Selebrasi striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris (14/3). (REUTERS/David Klein)

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) mengenakan topeng superhero Black Panther usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris  (14/3). (Reuters/Tony O'Brien)

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) mengenakan topeng superhero Black Panther usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris (14/3). (Reuters/Tony O'Brien)

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (tengah) mengenakan topeng superhero Black Panther usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris  (14/3). (REUTERS/David Klein)

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (tengah) mengenakan topeng superhero Black Panther usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris (14/3). (REUTERS/David Klein)

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) mengenakan topeng superhero Black Panther usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris  (14/3). (Reuters/Tony O'Brien)

Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang (kiri) mengenakan topeng superhero Black Panther usai mencetak gol ke gawang Stade Rennes pada leg kedua babak 16 besar Liga Europa di Stadion Emirates, London, Inggris (14/3). (Reuters/Tony O'Brien)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukti Keterlibatan Lee Jong Hyun dalam Kasus Video Mesum Mencuat

Posted: 14 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Percakapan grup chat Jung Joon Young yang membawanya kepada kasus penyebaran video mesum, terus dibongkar. Baru-baru ini, program berita SBS merilis percakapan lain. Alhasil, dua nama baru dinyatakan terlibat, yakni Lee Jong Hyun CN Blue dan Choi Jong Hoon eks FT Island.

Dari percakapan tersebut, Choi Jong Hoon yang telah resmi hengkang dari FT Island, terlihat membuka obrolan bersama Lee Jong Hyun. Ia memamerkan foto wanita yang sedang tidur dan ditanggapi oleh seseorang yang disebut Tuan Heo.

Obrolan kemudian dilanjutkan oleh Lee Jong Hyun yang mengaku tidur dengan beberapa orang sekaligus. Ia juga meminta Jung Joon Young mencarikan wanita yang bisa diajak tidur dengannya.

Percakapan diawali dengan Choi Jong Hoon eks FT Island. Awalnya Lee Jong Hoon mengirimkan foto seorang wanita sedang tidur.

Percakapan

Tak hanya sebagai penyanyi saja, beberapa idola ini ternyata juga jago membuat lagu.

Lalu Heo bertanya, "Siapa dia? Tubuhnya benar-benar bagus."

Lee Jong Hoon, "Dia yang kemarin ada di situ memakai baju XXXX."

Melanjutkan obrolan di grup itu, Jong Hyun CN Blue pun mengaku tidur dengan beberapa orang sekaligus.

"Kemarin aku melakukan XXXX dengan XX (beberapa orang sekaligus)," sahut Lee Jong Hyun.

Jung Joon Young membalas, "Wah menyenangkan. Lain kali kenalan aku pada mereka juga."

"Cepat berikan aku seorang wanita. Seorang pela**r seperti X," kata Lee Jong Hyun.

Jung Joon Young membalas, "Siapa yang harus kuberikan padamu?"

"Aku lebih suka seorang wanita dengan XXXX, tapi kalau itu nggak ada, siapapun yang cantik boleh," kata Lee Jong Hyun.

Lebih Detail

Lee Jong Hyun

Obrolan ini berlanjut dengan Lee Jong Hyun menjelaskan detail seperti apa wanita yang ingin diajaknya tidur.

"Apakah tidak ada pela**r yang cantik dan menyenangkan? Seseorang yang biasa diajak "bermain" bersenang-senang. Hahahaha," ketik Lee Jong Hyun.

Sebelum mencuatnya percakapan yang diklaim sebagai bukti keterlibatan Lee Jong Hyun dalam kasus grup chat Jung Joon Young, FNC Entertainment sempat menyangkal keterlibatan artisnya itu.

Penulis: Ayu Srikhandi/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 'Ini Adalah Hari Terburuk Selandia Baru'

Posted: 14 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perdana Menteri Selandia Baru memberikan tanggapan atas penembakan yang terjadi di dua masjid. Ia menyebut ini adalah hari terburuk yang pernah dialami Selandia Baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Instagram, Facebook, dan WhatsApp Eror Paling Hits

Posted: 14 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tumbangnya Instagram, Facebook dan WhatsApp, mencuri perhatian dunia dan menjadi artikel paling hits di kanal Tekno Liputan6.com edisi Kamis (14/3/2019).

Tak cuma itu, ada juga dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian pembaca.

Adapun kedua artikel itu, tentang kicauan warganet dan maraknya meme terkait Instagram, Facebook, WhatsApp down.

Tanpa berpanjang lebar lagi, yuk simak rangkuman ketiga berita tersebut berikut ini.

1. HEADLINE: Instagram, Facebook, WhatsApp Down, Apa Masalahnya?

Ilustrasi Facebook. (Foto: Fox News)

Tumbangnya Instagram, Facebook dan WhatsApp, mencuri perhatian dunia. Bagaimana tidak, ketiga aplikasi milik Mark Zuckerberg ini sempat tidak dapat diakses selama berjam-jam.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Instagram, Facebook, dan WhatsApp mulai tak bisa diakses sejak Kamis, 14 Maret 2019, pukul 01.00 WIB dini hari.

Menurut situs Down Detector, ketiga layanan tersebut tidak dapat diakses di Amerika Serikat (AS), beberapa negara di Eropa, seperti Jerman, Krosia, Inggris, Denmark, Prancis; sejumlah negara Asia termasuk Indonesia.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Facebook, Instagram, dan WhatsApp Eror, Warganet Kicaukan Untung Twitter

Instagram dan Facebook down (Foto ilustrasi Unsplash)

Jejaring sosial Facebook, Instagram, dan aplikasi chat WhatsApp mengalami eror secara bersamaan, Kamis (14/3/2019) pagi.

Hal ini pun membuat warganet, baik di Indonesia maupun di dunia, gaduh. Pasalnya, ketiga platform tersebut memiliki basis pengguna yang masif.

Aktivitas online pengguna di ketiga platform itupun tergolong paling tinggi ketimbang di medsos lainnya. Tak heran pengguna menuangkan keluh kesahnya lewat Twitter.

Selengkapnya baca di sini

3. Meme Soal Facebook, Instagram, dan WhatsApp Down Bikin Ngakak

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Tumbangnya platform media sosial Facebook, Instagram, dan aplikasi chatting WhatsApp membuat warganet mengejek ketiganya melalui meme.

Meme-meme ini menyebar dengan cepat di media sosial Twitter seiring dengan ketiga platform milik Facebook yang sempat tumbang beberapa jam lalu.

Pantauan Tekno Liputan6.com, Kamis (14/3/2019), berikut adalah sejumlah meme yang diunggah dan disebarkan oleh warganet.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jembatan Penyeberangan di Mumbai Ambruk, 5 Orang Tewas

Posted: 14 Mar 2019 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Mumbai - Setidaknya lima orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka, setelah sebuah jembatan runtuh di dekat stasiun kereta utama Mumbai, India.

Jembatan itu runtuh pada Kamis, pukul 19.30 waktu setempat, ketika penumpang memasuki stasiun Chhatrapati Shivaji.

Berbagai media India melaporkan bahwa setidaknya 30 orang terluka, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Jumat (15/3/2019).

Gambar-gambar dari tempat kejadian menunjukkan petugas penyelamat berusaha memindahkan puing-puing jembatan, dan melakukan pertolongan pertama terhadap seluruh korban luka.

Seorang saksi mata mengatakan kepada stasiun televisi NDTV: "Seluruh struktur bangunan ambruk di depan saya. Puing bertebaran di mana-mana."

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan dia "sangat sedih dan berduka atas hilangnya nyawa" dalam insiden tersebut.

Gubernur negara bagian Maharashtra, Devendra Fadnavis, mengatakan dia turut berbela sungkawa mendengar tentang insiden jembatan ambruk itu.

Dia telah memerintahkan penyelidikan tingkat tinggi, dan mengumumkan kompensasi kepada keluarga para korban tewas.

Fadnavis menambahkan bahwa yang terluka juga akan diberikan kompensasi dan semua biaya perawatan ditanggung oleh pemerintah negara bagian.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Riwayat Insiden Jembatan Ambruk

Ilustrasi bendera India (AFP Photo)

Sementara itu, Sanju Verma, seorang juru bicara untuk partai berkuasa BJP, diserang oleh kritik luas di media sosial, karena menyebut insiden ambruknya jembatan itu sebagai "kecelakaan umum".

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi lokal Times Now, Verma membantah bahwa "buruknya tata kelola" adalah penyebab kecelakaan itu.

Sebaliknya, dia mengatakan bahwa "sebagian besar kesalahan berasal dari para pejalan kaki".

Adapun Chhatrapati Shivaji, tempat di mana jembatan ambruk terjadi, adalah Situs Warisan Dunia Unesco.

Insiden itu terjadi kurang dari setahun setelah jembatan lainnya runtuh di Varanasi, di mana menewaskan sedikitnya 18 orang.

Jalan layang itu masih dibangun ketika bagian-bagian strukturnya jatuh menimpa jalanan yang sibuk di bawahnya.

Pada September tahun lalu, satu orang terbunuh dan beberapa lainnya terluka ketika bagian jembatan runtuh di Kolkata.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Objek Wisata Alam Jogja yang Hadirkan Keindahan, Tempat Berlibur Keluarga

Posted: 14 Mar 2019 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jogja kota istimewa. Jogja selalu ramai dengan wisatawan lokal maupun manca negara. Pasalnya, di Jogja banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi dan bikin kangen. 

Selain Jalan Malioboro dan alun-alun Selatan yang biasa dikunjungi, ternyata Jogja juga memiliki objek wisata alam yang tak kalah menarik loh. Ya, potensi wisata alam di Jogja ini tak pernah ada habisnya. Banyak sekali tempat wisata alam yang bisa kamu kunjungi di sini.

Nah, buat kamu yang masih bingung mau berkunjung ke mana saja saat ke Jogja, kali ini Liputan6.com, Jumat (15/3/2019) telah merangkum beberapa objek wisata alam Jogja yang patut kamu kunjungi.

Jadi saat ke Jogja, tak hanya wisata dalam kota saja yang bisa dinikmati. Karena wisata alam di Jogja juga tak kalah kerennya untuk dikunjungi.

Hutan mangrove dan pantai timang.

Ilustrasi hutan mangrove (Merdeka.com/Imam Buhori)

1.  Hutan Mangrove Kulon Progo

Objek wisata alam Jogja yang satu ini berupa kawasan mangrove atau bakau. Terletak di Desa Pasir Mendit, Temon. Menjadikannya sebagai tempat wisata karena, warga setempat menyadari besarnya potensi wisata mangrove ini.

Akhirnya mereka mengelola tempat ini dengan menambahkan banyak spot keren untuk berswafoto. 

Objek wisata alam Jogja ini berada di muara Sungai Bogowonto. Kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Yogyakarta.

2. Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu dari deretan pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Sekilas memang pantai ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya. Namun hal yang menarik dari pantai ini adalah kamu bisa memacu adrenalin.

Ya, di pantai ini kamu bisa menyebrangi ganasnya ombak dengan menggunakan gondola. Ada gondola tradisional yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang.

Biasanya, gondola ini digunakan oleh para nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulay karang, bernama Pulau Panjang yang letaknya tepat di seberang pantai.

Setelah sampai di atas karang, kamu bisa melihat kumpulan nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing. Tak perlu takut dengan keamanannya. Pihak pengelola sudah rutin untuk melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola.

Telaga Biru Semin dan Air Terjun Kembang Soka 

3. Telaga Biru Semin

Telaga Biru Semin ini dijuluki sebagai Kelimutu-nya Jogja. Ya, Telaga Biru Semin ini memang memiliki warna air yang biru kehijauan. Berswafoto di sini seolah-olah kamu tak seperti sedang berada di Indonesia, loh.

Nah, kalau kamu ingin menikmati keindahan objek wisata alam Jogja yang satu ini, langsung saja datang ke Dusun Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul.

4. Air Terjun Kembang Soka

Objek wisata alam Jogja ini merupakan surge kecil yang muncul seolah seperti oasis di tengah gurun. Ya, air terjun Kembang Soka ini menghadirkan keindahan tanpa polesan.

Letaknya yang setengah tersembunyi di balik rimbunan hutan, membuatnya bagaikan surga tersembunyi.

Objek wisata alam Jogja ini dinamai Kembang Soka karena berasal dari salah satu sumber mata airnya banyak tumbuh bunga soka di atasnya. Secantik bunga soka, air terjun ini memiliki keistimewaan tersendiri. Segarnya perpaduan air antara warna putih dan hijau toska nan lembut.

Buat kamu yang ingin menikmati segarnya air terjun nan asri, bisa langsung bertandang ke sini. Lokasinya terletak di Padukuhan Gunung Kelir, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

Bukit Nglanggeran dan Tangan Raksasa Dlingo

5. Bukit Nglanggeran

Objek wisata alam Jogja satu ini perlu sedikit usaha untuk menikmati keindahan alamnya. Ya, untuk mencapai puncak, kamu harus mendaki puluhan tangga yang berkelaok-kelok dan terjal.

Namun setelah berusaha untuk mendaki bukit tersebut, akan terbayar dengan pemandangan yang sangat indah. Bukit Nglanggeran ini terletak di Desa Nggalanggeran, Bukit Patuk, Gunung Kidul. 

6. Tangan Raksasa Dlingo

Kalau kamu pergi ke daerah Dlingo, Bantul, di sana banyak sekali objek wisata alam Jogja yang patut dikunjungi. Selain Kebun Buah Mangunan, kamu bisa coba berkunjung ke tangan raksasa Dlingo ini.

Spot tangan raksasa ini lataknya masih satu kawasan dengan Hutan Pinus Pengger Dlingo. Lokasi Hutan Pinus Pengger ini berada di bagian paling utara, tepatnya berbatasan dengan wilayah Kecamatan Pathuk, Gunung Kidul. Meski demikian, masih termasuk dalam wilayah Kecamatan Dlingo.

Resoinangun Garden dan Kebun Bunga Matahari pantai Samas

7. Resoinangun Garden

Objek wisata alam Jogja di bagian Selatan tak hanya ada Pantai Parangtritis, loh. Tak hanya keindahan laut yang bisa kamu nikmati di bagian Selatan Jogja ini. Namun kamu juga bisa menikmati keindahan kebun bunga warna-warni yang memikat hati.

Ya, ada kebun bunga bernama Resoinangun Garden. Kebun bunga ini dirintis oleh warga Dusun Ngepet dan Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Di sini kamu bisa berswafoto di setiap spot dengan aksesoris unik yang disediakan seperti becak bunga, sepeda bunga, lampion hingga kursi dari bambu.

8. Kebun Bunga Matahari pantai Samas

Siapa bilang bunga matahari tak bisa tumbuh di tanah Jogja. Buktinya ada terdapat hamparan bunga matahari di sisi uata Pantai Samas yang terletak di Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Bantul.

Di sini kamu bisa berswafoto di hamparan tumbuhnya bunga matahari. Lokasinya yang dekat dengan Pantai samas, memungkinkan kamu bisa lanjut bersantai setelah menikmati indahnya kebun bunga matahari ini.

Plunyon Kali Kuning dan Tebing Breksi

Tangga menuju ke bukit bebatuan

9. Plunyon Kali Kuning

Objek wisata alam Jogja yang satu ini terkenal sebagai salah satu tempat wisata alam favorit sebelum adanya erupsi Gunung Merapi pada tahun 2006 dan 2010.

Namun saat terjadi letuhan, lahar dingin dan panas menyebar ke seluruh area ini. Bendungan serta jembatan plunyon menjadi satu-satunya yang selamat akibat kejadian itu.

Walaupun terdapat sisa-sisa kejadian erupsi pada jembatan, namun bangunan ini masih berfungsi dengan normal dan aman. Di sini kamu bisa melakukan banyak aktivitas seperti bersepeda, trekking, dan juga boleh berkemah di sini loh.

Ditemani dengan sungai yang mengalir dengan jernih, tanah yang sudah kembali menghijau, dikelilingi dengan pohon pinus, dan tentunya pemandangan pegunungan yang indah.

10.  Tebing Breksi

Objek wisata alam Jogja yang patut kamu kunjungi juga adalah Tebing Breksi. Ya, tebing ini telah terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu. Saat kamu datang ke sini, kamu akan disambut dengan suasana yang begitu purba namun menawan.

Dahulu, tebing ini merupakan kawasan pertambangan. Namun semenjak ditemukannya sisa-sisa abu vulkanik dari gunung berapi purba Nglanggeran, kawasan ini diubah menjadi situs warisan budaya. Di sini kamu bisa melihat pahatan bekas pertambangan di perbukitan kapur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk, Ungkap Kepribadian Kamu Dari Cokelat

Posted: 14 Mar 2019 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cokelat menjadi makanan yang paling digemari orang-orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak kecil bahkan sampai orangtua. Selain rasanya yang lezat, cokelat juga dinilai bisa mengungkapkan kepribadian seseorang.

Mulai dari kepribadian yang kerap galau, senang sampai kepribadian pemimpin. Nah, kira-kira cokelat mana yang menujukkan kepribadian kamu?

Cokelat susu

Bagi kamu penyuka cokelat susu, kamu memliki kepribadian yang ramah dan selalu riang. Selain itu, kamu juga mampu menghadapi situasi, bukan tipe orang yang panik.

Beruntungnya bagi seseorang yang mempunyai pasangan penyuka Cokelat Susu. kamu cukup memberikan hal-hal sederhana, penyuka cokelat susu pun akan menyukainya.

Cokelat hitam

Cokelat jenis ini dinilai sangat baik untuk meningkatkan mood seseorang. Cokelat hitam memiliki kandungan lebih dari 70 persen kakao. Dan bagi kamu penyuka cokelat ini mempunyai kepribadian yang dewasa dari yang lain. Selain itu, mereka penyuka cokelat ini sangat menjaga teman-temannya

Cokelat putih

Berbeda dengan cokelat hitam, penyuka cokelat putih ialah tipe orang yang berani dan memiliki pandangan berbeda dengan yang lainnya. Hal itu terlihat saat mereka memberikan keputusan atau debat.

Cokelat panas

Penyuka cokelat panas merupakan tipe orang yang sangat sayang dengan diri sendiri. Yap, bukan tipe kepribadian ini kerap malas-malasan di tempat tidur, apalagi saat libur tiba. Mereka akan rela tidur berlama-lama di kasur ketimbang keluar rumah.

Cokelat mint

Mungkin penyuka cokelat mint hampir sama dengan mereka penyuka cokelat putih. Pasalnya, mereka adalah tipe orang dengan konsisten saat mengeluarkan pendapat. Mereka juga memiliki sudut pandang berbeda dengan yang lain.

Nah, itu adalah beberapa kepribadian yang bisa dilihat dari cokelat favorit. Kira-kira kamu tipe seperti apa?

Kalau kamu lagi ingin menikmati cokelat, coba saja liat promo Tokopedia. Pasalnya, Khusus produk Chocolatos Drink Minuman coklat (1 renceng isi 20 pcs), kamu bakal berkesempatan dapat cashback 5% hingga 300.000 loh!

Bertajuk promo Tokopedia Maret Mantap, promo ini hanya berlaku hingga 24 Maret 2019 ya.

Ayok buruan beli dan dapatkan cashback-nya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zara Leola Rilis Lagu ‘Thank You’

Posted: 14 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pastinya pernah mengucapkan 'terima kasih' kepada orang di sekitar yang telah membantunya. Kata sederhana namun memiliki makna yang mendalam ini bisa diungkapkan kepada siapa saja, tak terkecuali kepada orang tua yang telah berkorban untuk masa depan anaknya. Hal inilah yang membuat Zara merilis lagu berjudul 'Thank You'.

Nutyas Surya Gumilang atau biasa dipanggil NSG ini menciptakan lagu ini setelah mendengar cerita Zara yang ingin mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada orang tua atas segala yang sudah didapatkan. "Aku mau mengucapkan rasa terima kasih melalui lagu ini", tutur Zara.

Penyanyi bersuara enerjik ini pun ingin mengajak pendengarnya untuk selalu menghargai orang tua. Pesan lainnya yang ingin disampaikan lewat lagu 'Thank You' ini adalah tanpa orang tua kita bukanlah siapa-siapa, karena Tuhan menitipkan kita kepada orang tua untuk menjaga serta mengajari arti hidup sesungguhnya. Mereka juga orang yang selalu membuat kita senang dan bahagia.

Untuk proses pembuatan lagu 'Thank You' membutuhkan waktu sekitar satu minggu dari penulisan lirik sampai dengan take vocal. Zara pun tidak merasa kesulitan saat harus menyanyikan lagu 'Thank You' karena liriknya merupakan ungkapan isi hati Zara untuk kedua orang tuanya.

Lagu 'Thank You' dirilis pada tanggal 15 Februari 2019 dan bisa dinikmati diseluruh digital streaming platform. Bagi yang penasaran dengan lagunya, silahkan saksikan videonya yang diunggah oleh Musica Studio's di Vidio.com berikut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Comeback Gemilang di Ajang Liga Champions

Posted: 14 Mar 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Fase knock-out Liga Champions di tiap musimnya selalu memunculkan kejutan-kejutan bagi penggila sepak bola sejagat.

Contohnya, di fase babak 16 besar Liga Champions. Tercatat ada empat laga comeback sensasional. ​Manchester United, Juventus, Ajax, dan FC Porto jadi perbincangan hangat usai memastikan lolos ke perempat final dengan cara dramatis.

Juventus yang paling disoroti mengingat lawan yang mereka hadapi adalah Atletico Madrid. Terlebih di leg pertama, mereka sudah kalah 0-2 di kandang sendiri. Tapi nyatanya si Nyonya Tua bisa bangkit dan menang 3-0 di leg kedua.

Penasaran tim mana saja yang pernah melakukan comeback terbaik sepanjang sejarah Liga Champions. Simak di bawah ini:

 

Manchester United Vs Bayern Munchen (Final Champions League 1998-1999)

MU sukses kalahkan Bayern Munchen 2-1 di final Liga Champions 1999 (ERIC CABANIS / AFP)

​Manchester United menang 2-1 dengan dramatis dari Bayern Munchen di final​ Champions League 1998-1999, setelah mereka ketinggalan 0-1 selama 90 menit jalannya pertandingan. Namun, David Beckham dkk mencetak dua gol di injury time berkat Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer dan skor pun bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Barcelona Vs Paris Saint-Germain (Perempat Final 2016/17)

Gelandang PSG, Adrien Rabiot berusaha mengiring bola dari kejaran penyerang Barcelona, Lionel Messi pada pertandingan babak 16 besar Liga Champions di Parc Des Princes, Paris, (15/2). PSG menang 4-0 atas Barcelona. (AFP Photo / Philipe Lopez)

Kalah 0-4 di leg pertama perempat final Champions League 2016-2017,​ Barcelona menang telak dengan skor 6-1 di leg kedua di depan pendukungnya sendiri. 

Sergi Roberto yang menjadi pahlawan kemenangan Barcelona melalui golnya di babak perpanjangan waktu.

Liverpool Vs AC Milan ( Final Champions League 2004-2005)

Gelandang Liverpool, Steven Gerrard, mengangkat trofi Liga Champions usai mengalahkan AC Milan di Stadion Ataturk, Turki, Rabu (25/5/2005). (AFP/Filippo Monteforte)

Para pendukung ​AC Milan sudah merayakan selebrasi kemenangan di babak pertama final UCL 2004-2005, setelah timnya unggul 3-0 dari Liverpool.

Namun, siapa sangka The Reds menyamakan kedudukan di babak kedua dan menang drama adu penalti dengan skor 3-2.

Juventus Vs Atletico Madrid (Babak 16 Besar Champions League 2018/19)

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (kanan) diikuti rekan-rekan setimnya merayakan gol ke gawang Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Allianz Stadium, Turin, Selasa (12/3). Juventus menang 3-0. (Marco BERTORELLO/AFP)

Pemain bintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo yakin timnya akan melaju ke perempat final ​Champions League 2018-2019, meskipun timnya telah kalah 0-2 dari Atletico Madrid di leg pertama.

Hal itu dibuktikannya di leg kedua, Ronaldo memborong tiga gol kemenangan Juventus dan menyingkirkan pasukan Diego Simeone.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Ruas Tol Trans Sumatera Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Posted: 14 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menyelesaikan pembangunan jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.700 kilometer (km), yang terdiri dari 2.000 km merupakan lintas utama dan 700 km lintas penghubung.

Jalan tol ini ditargetkan tersambung sepenuhnya dari Lampung hingga Aceh pada 2024. Kehadirannya diharapkan untuk meningkatkan mobilitas, memacu pertumbuhan ekonomi kawasan dan menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, setelah Tol Bakaheuni-Terbanggi Besar diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 8 Maret 2019, ruas tol selanjutnya yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang (189,2 km) ditargetkan bisa operasional pada Juni 2019.

"Tol ini terdiri atas dua seksi, yakni Seksi 1 Terbanggi Besar-Pematang Panggang (112,2 km) dengan progres konstruksi 89,06 persen dan Seksi 2 Pematang Panggang-Kayu Agung (77 km) dengan progres konstruksi 90,80 persen," jelasnya lewat keterangan tertulis, Jumat (15/3/2019).

Selain Tol Terbanggi Besar-Palembang, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menambahkan, terdapat 3 ruas Tol Trans Sumatera sepanjang 259 km yang ditargetkan operasional pada 2019 ini.

Antara lain, Tol Medan-Binjai Segmen Jalan Veteran-Tanjung Mulia sepanjang 3 km yang rencana selesai Desember 2019. Lalu Tol Kayu Agung-Palembang-Betung segmen Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 34 km dengan target rampung Juni 2019, dan Tol Pekanbaru-Dumai segmen Pekanbaru-Petapahan sepanjang 33 km target beroperasi Desember 2019.

Adapun penyelesaian ruas Tol Trans Sumatera lainnya sepanjang 473 km terus dikejar. Seperti Tol Sigli-Banda Aceh (74 km) yang ditargetkan beroperasi 2021, dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (144 km) yang ditargetkan beroperasi 2020.

Kemudian, Tol Indrapura-Kisaran (48 km), Tol Pekanbaru-Dumai segmen Petapahan-Duri (98 km) dan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung segmen Jakabaring-Betung (78 km) yang ketiganya ditargetkan beroperasi 2020, serta Tol Padang-Pekanbaru segmen Padang-Sicincin sepanjang 31 km yang diharapkan beroperasi pada 2020-2021.

Pembebasan Lahan Lancar, Pembangunan Tol Banda Aceh-Sigli Sesuai Target

Proses pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Banda Aceh-Sigli sepanjang 74,82 km. (Dok Kementerian PUPR)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Banda Aceh-Sigli sepanjang 74,82 km yang dimulai sejak Desember 2018 lalu terbilang cepat, khususnya dalam urusan pembebasan lahan.

"Progresnya menurut saya progresif, terbilang cukup cepat. Pembangunannya baru dimulai sekitar 3 bulan lalu, saat ini sudah bisa land clearing. Melihat lahan yang dibebaskan merupakan tanah warga saya kira progresnya sangat cepat sekali," ungkapnya lewat keterangan tertulis, Rabu (13/3/2019).

Berdasarkan data Kementerian PUPR, saat ini progres pembebasan lahan jalan tol tersebut sudah sebesar 29,18 persen atau sepanjang 21,83 km dari total panjang 74,82 km. Khusus di Seksi 4, lahan yang sudah dibebaskan sepanjang 12,68 km dari total panjang 14,71 km.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pihak kontraktor Tol Banda Aceh-Sigli menyatakan, kesuksesan dalam percepatan pembebasan lahan ruas tol tersebut merupakan buah kolaborasi antara masyarakat beserta pemerintah pusat dan daerah.

"Animo masyarakat untuk membantu pengadaan lahan sangat besar, sehingga proyek jalan tol ini dapat berjalan dengan baik dan Insya Allah di akhir tahun 2019 ini pembangunan seksi 4 gate to gate bisa selesai," ujar Direktur Operasi III PT Hutama Karya Sugeng Rochadi.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Cara Menghitamkan Rambut dengan Bahan Alami Tanpa Pergi ke Salon

Posted: 14 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang mengidamkan untuk memiliki rambut hitam dan berkilau alami. Oleh karena itu, banyak cara dilakukan oleh orang-orang untuk menghitamkan rambut. Salah satunya ialah dengan mewarnainya di salon.

Mewarnai rambut di salon memang bisa membuat kamu memiliki rambut hitam sesuai keinginan. Akan tetapi penggunaan pewarna rambut kimia tentu saja bisa membahayakan dan merusak rambut.

Selain itu, untuk memiliki rambut berkilau tentu saja kamu harus rutin melakukan perawatan. Tentu saja dalam melakukan perawatan rambut ini, kamu harus merogoh kocek dalam ataupun menyiapkan budget tersendiri.

Dari pada kamu mengeluarkan ongkos perawatan rambut mahal, lebih baik untuk menggunakan bahan alami. Tentu saja menggunakan bahan alami lebih menyehatkan dan kamu pun bisa memiliki rambut hitam alami.

Selain itu bila rambutmu mengalami kerusakan, cara menghitamkan rambut dengan bahan alami pun bisa membantu mengembalikan nutrisi rambut. Berbagai bahan alami bisa digunakan sebagai cara menghitamkan rambut.

Tentu saja cara menghitamkan rambut dengan bahan alami bisa kamu lakukan sendiri dengan mudah di rumah tanpa perlu ke salon. Berikut ini beberapa cara menghitamkan rambut secara alami yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019).

1. Minyak Kemiri

Cara Menghitamkan Rambut Kemiri (iStockPhoto)

Bukan rahasia lagi jika minyak kemiri bisa digunakan untuk menghitamkan rambut. Selain itu, cara menghitamkan rambut dengan minyak kemiri ini pun bisa membuat rambutmu lebih tebal juga. Hal ini karena kandungan vitamin pada kemiri ini yang bisa kamu manfaatkan sebagai pewarna alami.

Cara menghitamkan rambut dengan minyak kemiri pun cukup mudah. Untuk bisa memperoleh minyak kemiri ini, kamu hanya perlu membakar ataupun menyangrai kemiri hingga berubah warna menjadi kehitaman. Kemudian kamu bisa menumbuk kemiri tersebut hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu, gosokkan minyak kemiri yang kamu dapatkan ke rambut secara merata. Tentu saja untuk memperoleh hasil rambut hitam alami, kamu harus melakukannya secara rutin.

2. Minyak Kelapa

Cara Menghitamkan Rambut

Cara menghitamkan rambut selanjutnya ialah menggunakan minyak kelapa. Memiliki rambut hitam berkilau bak seorang model pun bisa kamu dapatkan. Minyak kelapa yang bisa kamu temukan secara mudah ini pun bisa kamu jadikan sebagai ramuan perawatan rambut. Selain itu, sebagai cara menghitamkan rambut, manfaat minyak kelapa lainnya ialah untuk menjaga kelembaban rambut agar tidak kering dan tidak mudah rontok.

Penggunaan minyak kelapa untuk menghitamkan rambut pun mudah dilakukan. Kamu hanya perlu memanaskan sedikit minyak kelapa, kemudian oleskan ke seluruh rambut yang kering ataupun setengah basah. Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit kemudian bilas hingga bersih. Minyak kelapa ini mampu membuat rambutmu tumbuh hitam dan berkilau secara alami. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

3. Minyak Zaitun

Cara Menghitamkan Rambut  Ilustrasi minyak zaitun (dok. Pexels.com/Putu Elmira)

Bukan hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit saja. Minyak zaitun pun bisa kamu gunakan sebagai cara menghitamkan rambut secara alami. Yang perlu kamu lakukan untuk menghitamkan rambut dengan minyak zaitun ialah mengoleskan sekitar 5 tetes minyak zaitun ke seluruh rambut.

Namun kamu harus menggunakan minyak zaitun murni tanpa campuran bahan lainnya. Setelah itu, diamkan semalaman agar kandungan nutrisi pada minyak zaitun meresap ke dalam rambut.

Esoknya bilas rambut dengan air bersih dan juga shampo jangan lupa untuk menggunakan conditioner juga. Selain itu, mengeringkan rambut usahakan jangan menggunakan hair dryer ataupun flat iron. Kamu cukup membiarkan rambut kering secara alami dengan bantuan handuk rambut saja.

4. Lidah Buaya

Cara Menghitamkan Rambut lidah buaya (Thanatip S/Shutterstock)

Memiliki rambut sehat berkilau memang dambaan semua orang, terutama kaum hawa. Kamu pun bisa mendapatkannya dengan menggunakan lidah buaya. Selain itu, lidah buaya pun bisa membantumu untuk memperoleh rambut hitam dan berkilau. Cara menghitamkan rambut dengan lidah buaya pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu memilih lidah buaya dengan daging yang cukup tebal. Ambil daging lidah buaya tersebut dan haliskan hingga lembut. Kamu tak perlu untuk mencucinya, karena daging lidah buaya memiliki air yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut.

Jika daging lidah buaya telah halus menyerupai masker, kamu hanya perlu mengoleskannya ke seluruh rambut dan diamkan selama 10 hingga 15 menit agar kandungan nutrisi meresap ke rambut. Setelah itu keramas hingga bersih. Kamu bisa menggunakan masker lidah buaya ini minimal seminggu sekali secara rutin.

5. Kulit Apel

Cara Menghitamkan Rambut Kulit apel (iStockPhoto)

Ternyata bukan hanya buah apel saja yang memiliki segudang manfaat. Kulit apel rupanya memiliki manfaat buat kamu. Kulit apel sendiri memiliki manfaat untuk meminimalisir uban dan bisa membuat rambutmu menjadi hitam berkilau.

Cara menghitamkan rambut dengan kulit apel untuk mencegah uban ialah haluskan buah apel beserta kulitnya menggunakan blender. Kamu bisa menggunakan beberapa buah apel sesuai kebutuhan rambut. Setelah itu oleskan ke seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu keramas hingga bersih dengan shampo. Kamu bisa menggunakan perawatan dengan apel ini setiap hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tangkap Tangan Ketua Umum Parpol di Jatim

Posted: 14 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Satgas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menciduk seorang ketua umum partai politik (parpol) dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT).

"Info (Ketua Umum) PPP," ujar sumber saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Sumber lain membenarkan penangkapan tersebut. Menurut dia, ketua umum parpol itu ditangkap di Sidoarjo, Jawa Timur.

"Itu benar. Tadi pagi jam 09.00 WIB di Kanwil Agama Sidoarjo," kata sumber lainnya.

Sementara itu, Komisioner KPK dan Juru Bicara KPK masih belum memberikan keterangan resmi soal penangkapan ini. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

Sementara, Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Achmad Baidowi mengaku tak mengetahui kabar tersebut. "Saya belum tahu, saya lagi kunker," ujar Baidowi, Jumat (15/3/2019).

Berita penangkapan inipun, kata Baidowi belum tersebar di kalangan internal PPP. "Belum dapat info, kalau ada kita sampaikan," kata dia.

Baidowi pun meminta wartawan untuk bertanya langsung kepada Sekjen PPP Arsul Sani atau Waketum PPP Arwani Thomafi namun ketika dihubungi keduanya tidak merespons.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Gaya Glamor Ussy Sulistiawaty Saat Melakukan Pemotretan di Gang Kecil

Posted: 14 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Ussy Sulistiawaty? Aktris dan pembawa acara ini memulai kariernya dari ajang Abang None Jakarta Utara 1999. Setelah itu, Ussy mengikuti beberapa casting sampai akhirnya menjadi bintang iklan dan kemudian merambah dunia sinetron dan presenter.

Ussy Sulistiawaty masih tetap tampak awet muda, meski telah memiliki empat putri, yakni Syafa Al Zahra, Sheva Elmira Lorrenia, Shakeela Eleanor Ameera, serta putri angkatnya, Nur Amalia Putri. Istri Andhika Pratama ini juga tak jarang tampil stylish.

Penampilan Ussy juga didukung dengan pemakaian fashion item dari brand-brand ternama, seperti Gucci, Balenciaga, dan lainnya. Hal tersebut juga terlihat dalam deretan unggahan terbarunya di di Instagram @ussypratama.

Ussy melakukan pemotretan di gang yang sempit dan warung. Meski begitu, ia tetap mengenakan fashion item mewah. Berikut beberapa hasil pemotretan Ussy Sulistiawaty yang diabadikan oleh fotografer @dariusmanihuruk.

Ussy Sulistiawaty. (dok. @ussypratama/https://www.instagram.com/p/Bu6E7h8nSqT/Indah Permata Niska)

Ussy Sulistiawaty terlihat bergaya di antara pakaian kotor dengan mengunakan dress bunga-bunga warna kuning, jas berwarna cokelat dan sepatu bot hitam. Riasan di wajahnya juga terlihat glamor, meski ia bergaya di antara pakaian kotor. 

Gaya Glamor Ussy di Warung dan Gang Kecil

Ussy Sulistiawaty. (dok. @ussypratama/https://www.instagram.com/p/Bu8lYn2nEQu/Indah Permata Niska)

Dalam foto ini, Ussy Sulistiawaty tengah duduk dan memegang mangkuk berisikan mi di dalam warung. Meski begitu, ia tetap bergaya glamor dengan mengenakan dress dan tas dari Gucci. Tidak ketinggalan, ia juga mengenakan kacamata berwarna cokelat dan polesan lipstik berwarna merah.

Ussy Sulistiawati. (dok. @ussypratama/https://www.instagram.com/p/Bu75KM7nR_n/Indah Permata Niska)

Pada foto ini, Ussy Sulistiawaty terlihat seksi mengenakan jaket kulit berwarna merah dan dress hitam pendek. Tidak hanya itu, untuk melengkapi fashion-nya, ia mengenakan sepatu bot rancangan desainer Regina Alifen. Uniknya dalam foto ini, Ussy justru berpose di depan warga di gang yang sempit sambil memegang ayam jago. (Indah Permata Niska)

Saksikan video pilihan di bawah ini :

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Komitmen Terus Berkontribusi dalam Proses Perdamaian di Afghanistan

Posted: 14 Mar 2019 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Usai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Afghanistan H.E Salahudin Rabbani di Gedung Pancasila Jakarta, Jumat (15/3/2019) pagi, Menlu Retno Marsudi menekankan komitmen dan dukungan Indonesia untuk menciptakan perdamaian di Afghanistan.

Dalam pernyataannya, Menlu Retno menyampaikan upaya ini merupakan tindak lanjut dari komitmen Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan presiden Afghanistan di Kabul pada Januari 2018.

"Saya sampaikan bahwa Indonesia berkomitmen dan mendukung terciptanya perdamaian di Afghanistan. Ini merupakan upaya lanjutan setelah pertemuan antara Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ashraf Ghani di Kabul, Afghanistan," ujar Menlu Retno.

"Sekali lagi, Indonesia menyampaikan kesiapannya untuk terus berkontribusi dalam proses perdamaian di Afghanistan," tambahnya.

Menurut Menlu Retno, dari perspektif Indonesia ada tiga hal dimana Indonesia bisa berkontribusi.

"Yang pertama adalah dalam konteks Trust Building, yang kedua adalah dalam konteks Peace Building and State Building dan yang ketiga adalah Di Fora Internasional termasuk di PBB," kata Menlu.

"Saya ingin mulai dari yang pertama. Trust Building merupakan satu elemen yang penting dalam setiap proses perdamaian. Oleh karenanya Indonesia menjadi tuan rumah dalam Trilateral Ulama Meeting tahun lalu. Dalam konteks ini Indonesia siap memberikan fasilitasi terhadap hal-hal yang terkait dengan Trust Building."

"Yang kedua adalah Peace Building dan State Building. Pada tahun 2019 ini, Indonesia juga memberikan kesiapan untuk memberikan beasiswa kepada saudara-saudara kita di Afghanistan. Kita berbicara soal tawaran Indonesia memberi 100 beasiswa untuk bidang minyak, gas dan pertambangan. Selain itu juga pelatihan untuk diplomat Afghanistan."

"Yang ketiga adalah soal Di Fora Internasional termasuk yang ada di PBB. Tadi pagi saya telah menghubungi duta besar kita yang ada di New York. Dan saat ini Indonesia dan Jerman tengah merumuskan resolusi dewan PBB mengenai perpanjangan mandat UNAMA -- Misi Bantuan Perserikatan-Bangsa di Afghanistan. Indonesia terus mendukung PBB untuk stabilitas di Afghanistan."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

Indonesia Calonkan Diri Dewan Hak Asasi Manusia PBB 2020-2022

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan dari Menlu Afghanistan H.E Salahudi Rabbani di Jakarta (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Saat melakukan pertemuan dengan Menlu H.E Salahudin Rabbani, Menlu Retno juga meminta dukungan kepada Afghanistan terkait pencalonan Indonesia untuk Dewan Hak Asasi Manusia di PBB periode 2020 - 2022.

"Saat melakukan pertemuan saya juga meminta dukungan kepada Menlu H.E Salahudin Rabbani terkait pencalonan Indonesia untuk Dewan Hak Asasi Manusia PBB periode 2020 - 2022," ujar Menlu Retno.

"Pemerintah dan rakyat Indonesia sangat ingin melihat masyarakat Afghanistan untuk hidup damai dan berdampingan bebas dari konflik."

Dalam pernyataannya Menteri Luar Negeri Afghanistan H.E Salahudin Rabban menyambut baik upaya pencalonan dirinya dalam Dewan Hak Asasi Manusia PBB periode 2020 - 2022.

"Kami menyambut baik niatan Indonesia dalam pencalonan untuk Dewan Hak Asasi Manusia di PBB," ujar Menlu Salahudin.

"Kami juga mengapresiasi komitmen Indonesia dalam upaya menciptakan perdamaian di Afghanistan. Indonesia adalah negara pertama yang mendukung penuh perdamaian di Afghanistan."

"Salah satunya adalah menyelenggarakan pertemuan Trilateral Ulama Meeting di Bogor. Pertemuan ini menginisiasi perdamaian dan kestabilan kondisi di Afghanistan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Masjid di Selandia Baru Diberondong Tembakan

Posted: 14 Mar 2019 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Insiden berdarah terjadi di Selandia Baru hari Jumat (15/3). Sebuah masjid diberondong tembakan saat sedang berlangsung ibadah salat jumat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merawat Kucing Persia dengan Benar, Simak Langkah-Langkahnya

Posted: 14 Mar 2019 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering di jadikan hewan peliharaan di rumah. Sifatnya yang penurut dan tenang menjadi sebuah nilai lebih atau menjadi ketertarikan tersendiri bagi seseorang yang memelihara kucing.

Hingga saat ini, kucing memiliki banyak sekali jenis yang di mana hampir setiap negara memiliki kucing rasnya sendiri-sendiri. Salah satu jenis yang memang seringkali dipelihara di rumah adalah jenis ras persia. Jenis kucing Persia ini memang bisa dikatakan sangat populer di dunia, kucing Persia memiliki kelebihan yaitu penurut dan tidak terlalu agresif atau banyak bergerak.

Semua orang setuju bahwa memelihara kucing tidaklah mudah. Walaupun hanya kucing peliharaan, namun kita sebagai pemilik jangan cuma hanya sekedar memberi makan saja. Kucing juga harus diberikan perawatan yang terbaik, seperti memberikan makanan yang sesuai dan bergizi, hingga memperhatikan kebersihannya. Dan itu semua juga membutuh biaya yang tidak sedikit.

Berikut cara merawat kucing Persia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/3/2019)

Cara merawat kucing Persia

1. Gunakan mangkuk makan yang rendah

Menggunakan mangkuk yang rendah akan lebih baik dalam memberi makan kucing Persia. Kucing Persia yang memiliki wajah yang datar dan hidung yang pendek akan lebih menyukai mangkuk yang datar dengan pinggiran yang sangat rendah, atau tanpa pinggiran sama sekali. Cara merawat kucing persia adalah hindari pemakaian bahan plastik untuk mangkuk makan kucing Persia, karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri.

2. Gunakan pellet kayu sebagai alas

Cara merawat kucing Persia adalah hindari menggunakan bahan yang dapat menempel pada kaki atau bulu kucing. Kucing Persia memiliki bulu yang panjang dan cantik, karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihannya. Pellet kayu dapat menjadi pilihan terbaik untuk alas kandang kucing Persia, karena bahan ini tidak menggumpal dan tidak menempel pada kucing.

3. Biasakan menyikat bulu kucing Persia sejak kecil

Cara merawat kucing persia adalah biasakan untuk menyikat bulu kucing Persia sejak usia dini. Dengan begitu, kucing Persia akan lebih dapat menyesuaikan diri dan terbiasa dengan aktivitas ini. Jika tidak dilakukan sejak dini, dikhawatirkan kucing Persia tidak menyukai saat kamu menyikat bulunya, karena tidak terbiasa dengan hal ini. Akibatnya, kamu akan mengalami kesulitan dalam merawat bulunnya.

4. Gunakan sikat bulu berbahan logam

Cara merawat kucing persia adalah menyikat bulu kucing Persia secara teratur setiap hari penting untuk dilakukan, agar bulu kucing Persia tetap terlihat cantik dan tidak kusut. Jenis sikat terbaik untuk kucing Persia adalah yang berbahan logam dengan ujung meruncing. Gigi sikat yang tidak terlalu rapat akan membantu merapikan bulu yang kusut. Sediakan beberapa sikat untuk digunakan secara bergantian.

Kebersihan dan kesehatan kucing juga harus rutin dikontrol

5. Jaga kebersihan hidung kucing

Hidung kucing Persia yang lebih pendek dapat lebih mudah untuk menjadi tersumbat karena kotoran. Hal ini dapat menyebabkan kucing sulit bernafas, dan dapat memicu infeksi saluran pernafasan.

Cara merawat kucing persia adalah pastikan untuk membersihkan hidung kucing Persia secara teratur. Kamu dapat menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan hidung kucing.

6. Vaksinasi kucing Persia secara teratur

Kucing Persia lebih rentan terhadap infeksi saluran pernafasan jika dibandingkan kucing jenis lain. Hal ini disebabkan kucing Pesia tidak memiliki lapisan filter ekstra pada hidung untuk menyaring bakteri.

Untuk menjaga kucing Persia dari infeksi saluran pernafasan, lakukan vaksinasi atau imunisasi di dokter hewan secara teratur. Vaksinasi ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kucing Persia terhadap flu kucing.

7. Bersihkan mata kucing Persia secara teratur

Cara merawat kucing persia adalah bersihkan mata kucing Persia setidaknya sehari sekali secara teratur. Mata kucing Persia dapat memproduksi air mata yang berlebihan. Air mata yang tidak dibersihkan dapat merusak bulu pada wajah dan dapat menimbulkan iritasi. Bersihkan mata kucing Persia dengan kain atau tissue, dengan cara menyeka air mata yang berlebihan pada mata kucing.

8. Memandikan kucing persia

Cara merawat kucing persia selanjutnya adalah dengan memandikan kucing. Kamu diwajibkan memandikan kucing ketika terlihat kotor saja, terutama bagi kucing persian yang memiliki warna dasar putih. Apalagi kamu melepas kucing bermain di taman yang banyak tanah kotor, sudah pasti dia akan berguling-guling yang membuat badan dia kotor. Untuk memandikannya bisa dengan menggunakan jasa pet shop yang biasanya bisa memandikan sekaligus perawatan yang lengkap.

Kamu bisa juga dengan memandikannya sendiri, namun untuk memandikannya kamu harus mulai dari penggunaan air yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Penggunaan shampo yang tepat sampai cara memotong kuku kucing yang tepat juga harus diperhatikan agar kucing kembali cantik ketika sudah di mandikan. Jarak waktu untuk memandikannya pun bisa 1 minggu sekali, 2 minggu sekali bahkan 1 bulan sekali tergantung kondisi dari kucingnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shock Motor Selalu Bocor, Coba Cek Bagian Ini

Posted: 14 Mar 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shockbreaker di sepeda motor merupakan komponen penting untuk meredam getaran dari jalanan. Tanpa kehadiran shockbreaker, Anda dijamin merasakan rasa berkendara yang tak menyenangkan.

Sama seperti komponen lain, shockbreaker juga butuh perhatian. Apalagi motor sering melewati jalan yang rusak dan berlubang. Namun apa jadinya jika shockbreaker depan motor sering bocor padahal, takaran pelumasnya pas, per maupun tabung shock dalam keadaan baik.

Dalam kondisi ini jangan buru-buru menyalahkan seal karet sebagai penyebabnya. Boleh jadi itu akibat inner tube sudah baret sehingga menimbulkan ruang bagi masuknya kotoran sehingga seal karet mudah bocor. Di samping juga menjadi saluran potensial keluarnya rembesan oli secara sedikit demi sedikit.

"Namun sebenarnya ada beberapa faktor selain inner tube. Bisa jadi sealnya sudah mengeras atau karetnya sudah mati, tidak lentur lagi. Apalagi kalau inner tube-nya baret-baret," buka Dadan Danil, Assisten Trainer di Technical Training PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W.

Secara sepintas inner tube yang kalau bahasa mekaniknya as shock baret yang ada tidak terlalu terlihat. Tapi bisa dicek dengan merabanya dan merasakannya dengan kuku. Jika agak kasar, dipastikan inner tube sudah baret.

"Bisa juga karena sering terkena kotoran, sehingga menyebabkan inner tube menjadi lecet," kata Dadan Daniel.

 

Selanjutnya

Jika terus dipaksakan untuk digunakan, dalam jangka waktu tidak terlalu lama shock akan kembali bocor. Oli akan menyebur keluar secara perlahan-lahan dari sela-sela seal karet.

"Kalau sudah baret, ya jangan dipakai lagi. Harus ganti. Tapai kalau inner tube-nya tidak lecet, lalu bocor, cukup ganti seal-nya saja, sekalian ganti juga olinya. Pengisian oli shock kanan kiri takarannya harus sama, jangan satu sama lain berlebihan atau kekurangan. Dan perlu diingat setiap jenis motor berbeda takaran pelumasnya, misalnya matic dan sport tentu berbeda,," imbuhnya.

Sejauh ini belum ada patokan baku kapan oli shock harus diganti. Namun Dadan menyarankan sebaiknya periksa suspensi depan tiap 8000 km. Selain itu sering-seringlah membersihkan bagian kaki-kaki dan shock dari kotoran.

"Motor harus rajin-rajin dicuci, terlebih sering melewati jalan becek dan berlumpur atau hujan. Jangan bersihkan bagian bodinya saja, tapi juga kolong-kolong motor dan suspensi, karena biasanya kotoran banyak mengendap di area situ," tutupnya.

Sumber: Otosia.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sikundo yang Tersisih Mulai Dilirik Pemerintah Aceh

Posted: 14 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Aceh - Desa Sikundo, sebuah desa terpencil di Kecamatan Pante Ceureumeun, Kabupaten Aceh Barat, sempat viral karena aktivitas warga menggunakan jembatan sling atau dua utas tali baja yang di bawahnya terdapat sungai berarus deras gencar diberitakan.

Pemerintah Provinsi Aceh mulai menggenjot pembangunan di desa yang berada dalam wilayah belantara hutan Ulu Masen dan berjarak sekitar 80 kilometer dari pusat kabupaten ini. Pemprov Aceh melalui Dinas Sosial Aceh memiliki wacana membangun Komunitas Rumah Adat (KAT) di desa tersebut.

Sebanyak 39 unit KAT tipe 24 tidak lama lagi akan berdiri di tempat itu, dengan rincian 30 unit di Dusun Durian dan sembilan unit di Dusun Sara Saree. Pihak terkait baru saja berkunjung ke Desa Sikundo pada Rabu, 13 Maret 2019.

"Yang pastinya, untuk Sikundo akan dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan 39 unit rumah KAT oleh Plt Gubernur Aceh. Untuk waktu, secepatnya," ujar Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Alhudri, saat mengunjungi Desa Sikundo bersama rombongan, Rabu, 13 Maret 2019.

Pembangunan di Desa Sikundo akan melibatkan seluruh dinas terkait demi mempercepat progres pembangunan semua lini di desa tersebut.

"Seperti dinas pendidikan. Barangkali juga perlu melihat tentang kondisi pendidikan di sini. Dinas Kesehatan untuk memeriksa kesehatan warga di sini, begitu juta Dinas PUPR, Perkim, dan Pengairan. Mungkin ketiga-tiganya nanti akan ikut bersama Plt Gubernur, kemudian perkebunan dan pertanian, siapa yang cocok sehingga masyarakat di sini betul-betul mandiri," kata Alhudri.

Alhudri menampik inisiatif tersebut karena kondisi desa terpencil itu belakangan menjadi sorotan, bahkan nasional. Melainkan, sudah direncanakan sejak lama.

"Sekali lagi kami tegaskan, kegiatan ini memang sudah diprogramkan. Cuma kemarin kami tanya kembali Plt Gubernur ke mana yang cocok dan beliau mengatakan, masukkan ke Aceh Barat, tepatnya ke Desa Sikundo," aku Alhudri.

Alhudri menambahi, program KAT tidak sebatas membangun rumah saja. Selama 2-3 tahun warga setempat akan diberi sejumlah bantuan seperti jatah hidup, alat-alat pertanian, bahkan, jika memungkinkan, juga diberi hewan ternak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ahmad Dadek yang ikut dalam rombongan mengakui Desa Sikundo sebelumnya adalah desa yang terisolasi. Namun, pembangunan di desa itu tengah gencar dilakukan.

"Jika sebelumnya masyarakat menggunakan jembatan tali yang menghubungkan antara Sikundo dengan Gampong Jambak, sekarang sudah dibangun jembatan gantung yang bisa dilalui kendaraan empat roda," ujar Dadek.

Masih Menggunakan Jembatan Sling?

Sikundo yang tersisih, mulai dilirik pemerintah Aceh. (Liputan6.com/Rino Abonita)

Kepala Desa Sikundo, Ahmad Juhari, berharap wacana tersebut segera terealisasi. Menurut dia, warga Desa Sikundo sangat membutuhkan rumah yang dijanjikan tersebut.

"Selain itu, kita juga meminta pemerintah Aceh untuk membantu bidang perekonomian masyarakat seperti pertanian dan juga transportasi," ucap dia.

Sebagai catatan, Desa Sikundo memiliki luas wilayah 12 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 138 orang dari 39 kepala keluarga (KK). Masyarakat setempat rata-rata tercatat sebagai warga miskin dengan mata pencarian bertani, kopi, nilam, jengkol, dan kacang tanah.

Terlepas dari wacana di atas, saat ini, akses antardusun Durian dan Sara Saree, Desa Sikundo masih dua utas tali baja atau jembatan sling. Kondisi ini masih sama persis seperti pemberitaan di media massa, termasuk Liputan6.com, yang pernah menyingkap potret buram di desa yang namanya ditabal Cut Nyak Dien.

Namun, Pemprov Aceh berjanji akan membangun jembatan penghubung antardusun tersebut tahun ini. Itu kata Kepala Dinas Sosial Provinsi Aceh, Alhudiri.

"Jembatan ini akan dibangun oleh pemerintah Aceh tahun ini," katanya.

Sebagai catatan, berita jembatan tali baja atau sling di Desa Sikundo viral sejak fotografer salah satu media asing meliput ke desa itu pada 2 Februari 2019. Fotografer menjepret sejumlah ibu-ibu dan seorang bocah sedang menyeberang sungai melalui dua utas kabel yang di bawahnya terdapat sungai berarus deras.

Beberapa hari kemudian, sejumlah wartawan lokal dan nasional ramai-ramai meliput ulang. Sejak saat itu, Desa Sikundo menjadi sorotan nasional.

Kabar tersebut sampai ke telinga Plt Gubernur Aceh. Melalui akun Twitter, Kamis, 7 Februari 2019, Nova menyebut berita jembatan kabel di Desa Sikundo tidak update. Namun belakangan, Nova menghapus kicauan tersebut karena disentil warganet.

Pemerintah Aceh bahkan menduga gambar yang diambil wartawan saat meliput kondisi desa paling ujung Kabupaten Aceh Barat itu tidak menyeluruh. Ini menyebabkan visual yang ditayangkan tak mewakili kondisi sebenarnya di lapangan. Padahal, katanya, pemerintah sudah membangun jembatan gantung untuk menggantikan jembatan tali baja atau sling pada tahun 2018.

Jembatan gantung yang dimaksud sejatinya jembatan penghubung antardesa Sikundo-Jambak, bukan penghubung antardusun. Pun demikian, kendati digadang-gadang jembatan antardesa Sikundo-Jambak kelar dibangun tahun 2018, fakta di lapangan, pembangunannya masih dikebut hingga awal 2019.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Daging Ayam dan Telur Stabil di Pasar Kwitang Dalam

Posted: 14 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki akhir pekan pada pertengahan Maret, harga daging ayam dan telur di Pasar Kwitang Dalam, Jakarta Pusat, terpantau normal.

Lie (62 tahun), seorang pedagang ayam di Pasar Kwitang Dalam menuturkan, harga daging ayam dalam waktu dekat ini belum berubah.

"Lagi biasa saja. Ayam fillet sekarang sama (harganya) Rp 50 ribu per kg. Ayam potong bagian paha juga, Rp 40 ribu per kg," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (15/3/2019).

Begitu pula dengan bagian tubuh ayam lain yang biasa dikonsumsi, lanjut Lie, secara harga masih standar. Seperti bagian ceker yang dijualnya Rp 25 ribu per kg, dan kepala ayam Rp 12 ribu per kg.

Lalu produk kulit ayam yang ditawarkannya Rp 25 ribu per kg, serta sepasang ati ampela Rp 2.500. "Semua normal," ungkap Lie.

 

 

Harga Telur

Ilustrasi telur (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Normalitas harga ini juga dialami produk telur ayam dalam negeri. Choir (26 tahun) mengatakan, harga jual telur ayam dalam negeri kini cenderung standar setelah sebelumnya sempat meninggi.

"Telur ayam (dalam negeri) normal, Rp 23 ribu (per kg). Kalau kemarin kan sempat naik antara Rp 29-30 ribu. Kalau sekarang sudah normal," ucap dia.

Namun demikian, hal itu tidak diikuti telur ayam kampung yang secara harga justru melambung. Choir menjual telur ayam kampung jenis biasa Rp 2.500 per butir, sedangkan yang jenis omega ditawarkannya Rp 2.700.

"Naiknya? Sudah 3 mingguan. Normalnya yang biasa Rp 2.200 (per butir), yang omega Rp 2.500 (per butir)," sebut dia.

Harga telur bebek juga naik dari Rp 2.500 per butir menjadi Rp 3 ribu per butir. Serta telur puyuh, yang meningkat dari harga normal Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Bahas Perdamaian, Menlu Afghanistan Temui Retno Marsudi

Posted: 14 Mar 2019 09:00 PM PDT

Menlu Retno Marsudi (kanan) bersama Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani usai pertemuan di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Retno Marsudi (kanan) bersama Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani usai pertemuan di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Retno Marsudi (kanan) bersama Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani memberi keterangan usai pertemuan di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Retno Marsudi (kanan) bersama Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani memberi keterangan usai pertemuan di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Retno Marsudi memberi keterangan usai pertemuan bilateral dengan Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Retno Marsudi memberi keterangan usai pertemuan bilateral dengan Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani memberi keterangan usai pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani memberi keterangan usai pertemuan bilateral dengan Menlu Retno Marsudi di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas dukungan Indonesia atas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi memberi keterangan usai pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi memberi keterangan usai pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi memberi keterangan usai pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani (kiri) bersama Menlu Retno Marsudi memberi keterangan usai pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). Pertemuan membahas proses perdamaian di Afghanistan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Delegasi Afghanistan saat mendengarkan keterangan pers Menlu Retno Marsudi dan Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani usai pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Delegasi Afghanistan saat mendengarkan keterangan pers Menlu Retno Marsudi dan Menlu Afghanistan Salahuddin Rabbani usai pertemuan bilateral di Kantor Kemenlu, Jakarta, Jumat (15/3). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Gejala Serangan Jantung Ringan pada Wanita dan Pria yang Sering Diabaikan

Posted: 14 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kesehatan organ tubuh, khususnya jantung sangat menjadi perhatian. Pasalnya, banyak penyakit yang disebabkan karena tidak sehatnya organ jantung yang berakibat fatal. Salah satunya yang paling berbahaya adalah serangan jantung.

Beberapa orang mengira serangan jantung lebih sering terjadi pada pria. Padahal, penyakit mematikan ini pun bisa menyerang wanita. Penyakit dengan julukan silent killer ini masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan juga dunia.

Serangan jantung adalah keadaan darurat medis serius yang membutuhkan perawatan segera. Kondisi ini disebabkan terhambatnya suplai darah ke jantung. Wanita yang sebelumnya memiliki riwayat diabetes, gagal ginjal, obesitas, depresi, stroke maupun gagal ginjal, akan memiliki risiko serangan jantung berkali-kali lipat lebih besar dibandingkan wanita lainnya.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga memiliki peluang yang sama untuk terkena serangan jantung, mengingat penyakit ini telah memakan banyak korban. Terlebih lagi, banyak orang yang tidak menyadari gejala serangan jantung yang sebenarnya muncul beberapa waktu sebelum kondisi tersebut terjadi.

Untuk itu, berikut Liputan6.com paparkan gejala serangan jantung ringan pada wanita dan pria yang bisa dijadikan acuan agar dapat dilakukan penanganan sedini mungkin, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/3/2019).

Gejala Serangan Jantung Ringan pada Wanita dan Pria

1. Kelelahan

Kelelahan mungkin adalah hal yang umum terjadi pada semua orang. Namun, bila Anda merasa sangat kelelahan hingga sulit melakukan aktivitas sehari-hari yang mendasar, bisa jadi itu saatnya memeriksakan diri.

Selain itu, jika kelelahan Anda disertai kesulitan napas mendadak, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan EKG. Karena bisa jadi Anda mengalami gejala serangan jantung ringan jika berada dalam situasi yang membuat stres dan jantung terasa tidak enak.

2. Pusing dan keringat dingin

Keringat yang berlebih bisa jadi tanda awal serangan jantung. Jika Anda mengalami gejala-gejala pusing dan keringat dingin, segeralah temui dokter. Pusing mungkin terjadi karena kurangnya pasokan darah ke otak.

3. Konsumsi Obat Diet

Beberapa obat diet memiliki efek samping meningkatkan risiko hadirnya gejala serangan jantung. Jika seseorang terlalu sering mengonsumsi obat diet, dikhawatirkan ini akan berpengaruh pada kesehatan jantung. Tak hanya itu saja, konsumsi obat diet dalam waktu lama bisa menyebabkan kerusakan jantung permanen.

4. Menstruasi Sebelum Usia 12 Tahun

Peneliti menyebutkan bahwa wanita yang mengalami menstruasi pertama kali di usia sebelum 12 tahun menjadi salah satu penyebab munculnya serangan jantung. Penelitian ini berkaitan erat dengan produksi estrogen dalam diri seseorang di mana estrogen ini meningkatkan risiko penggumpalan darah maupun stroke.

5. Tekanan di dada

Salah satu pertanda yang paling umum dari serangan jantung adalah tekanan berat di dada atau dada terasa sesak. Nyeri dada juga bisa dirasakan di bagian tubuh lain. Terkadang nyeri menyebar ke lengan kiri dekat ketiak. Selain itu, Anda juga akan merasakan tekanan di tenggorokan, leher, dagu, punggung, atau perut. Nyeri ini biasanya bertahan selama 15 menit.

Gejala Serangan Jantung Ringan pada Wanita dan Pria

6. Gangguan pernapasan

Sebelum serangan jantung datang, seseorang biasanya mengalami napas pendek yang parah. Ini akibat paru-paru tak lagi menerima cukup pasokan darah karena arteri atau pembuluh darah tersumbat. Jadi, bila Anda tiba-tiba merasa kesulitan bernapas, sebaiknya segera konsultasikan pada dokter.

7. Pilek atau flu

Banyak orang menganggap pilek atau flu adalah hal yang sepele. Karena hal tersebut, banyak yang tidak menyadari bahwa gejala pilek bisa saja muncul satu bulan sebelum serangan jantung. Jadi, kondisi ini pun patut mendapat perhatian, terutama bila Anda juga mengalami tanda-tanda lain yang merupakan gejala serangan jantung.

8. Mual

Gejala serangan jantung ringan selanjutnya adalah mual. Biasanya, mual ini terjadi pada perut bagian dalam. Tidak jarang, mual ini akan membuat tidak nafsu makan. Mual sebagai gejala awal dari serangan jantung biasanya disertai dengan pusing hebat, nyeri pada tubuh dan perasaan cemas.

9. Nafas pendek

Jika melakukan aktivitas sederhana seperti berjalan cepat atau olahraga sejenak bisa membuat kehabisan napas atau mengalami nafas pendek seakan melakukan olahraga berat, ini bisa jadi tanda serangan jantung.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Seperti yang diungkapkan ilmuwan Tiongkok, makan telur sehari dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 12 persen. Selain itu, risiko stroke hemoragik juga bisa turun sekitar 26 persen dengan menambahkan telur ke makanan harian Anda.

Profesor Nita Forouhi, dari unit epidemiologi Dewan Riset Medis di Universitas Cambridge, juga mengatakan untuk menurunkan risiko serangan jantung dan penyakit jantung, Anda harus makan makanan yang sehat dan seimbang.

Ada cara lain untuk mengurangi risiko serangan jantung, yakni berolahraga. Selain itu. Anda harus makan makanan rendah lemak dan berserat tinggi, termasuk gandum utuh dan banyak buah dan sayuran segar. Jika Anda seorang perokok, berhenti merokok akan membantu mencegah serangan jantung.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Deretan Alasan Pria Tak Mau Berpisah Meski Telah Berselingkuh

Posted: 14 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita tentu ingin memiliki kekasih yang setia. Sayangnya ada banyak pria yang memilih berselingkuh dari sang kekasih karena berbagai alasan.

Namun tak sedikit dari mereka yang tetap mempertahankan hubungan dan menolak untuk berpisah dari kekasih. Padahal hal tersebut tentu saja menyakitkan hati pasangan. Nyatanya ada berbagai alasan mengapa pria tetap tak ingin berpisah meski telah berselingkuh.

Artikel tentang 3 alasan pria selingkuh namun tak mau berpisah dengan kekasih menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni video kedekatan Luna Maya, Reino Barack dan Syahrini yang viral. Adapun artikel ketiga terpopuler adalah rumah minimalis selebar 1 meter yang hebohkan netizen.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 3 Alasan Pria Selingkuh, tapi Tidak Mau Berpisah

Foto Ilustrasi

Merasa bahwa pasanganmu tidak memiliki waktu dengan dirimu, atau mereka mulai berubah. Perubahan kecil yang membuat kita sangat keheranan, atau pertanyaan "apakah mereka sebegitu sibuknya?" terbersit di kepalamu.

Mulai mencurigai apa yang mereka lakukan dan di mana mereka menghabiskan waktu tanpa kita sebagai pasangannya. Tetap selingkuh dan mempertahankan hubungan yang dimiliki, inilah 3 alasan pria berselingkuh yang masih mempertahankan hubungan kalian berdasarkan Yourtango.com.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Viral Video Kedekatan Luna Maya, Reino Barack, dan Syahrini, Seperti Apa?

Luna Maya dan Syahrini. (dok. Instagram @lunamaya/https://www.instagram.com/p/Bk-B9OHnrCo/Henry

Syahrini resmi dinikahi Reino Barack setelah melangsungkan ijab kabul di Masjid Camii Tokyo, Jepang, 27 Februari 2019. Pernikahan itu hanya dihadiri orang terdekat Syahrini dan juga Reino Barack. Keduanya diketahui menjalani prosesi pernikahan dengan adat sunda.

Sempat membuat publik penasaran, Syahrini dan sang suami akhirnya menggelar jumpa pers terkait pernikahannya di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, pada Minggu (10/3/2019).

Selengkapnya...

3. Lebarnya Cuma 1 Meter, Rumah Minimalis Buat Netizen Bengong

Doc: Facebook

Rumah minimalis tengah menjadi primadona belakangan ini. Dengan lahan yang tak seberapa besar, pemilik rumah dapat memanfaatkan semaksimal mungkin ruangan yang ada sesuai keinginan.

Namun, bagaimana bila rumah minimalis yang dibuat lebarnya cuma satu meter? Tentu ini membuat orang bertanya-tanya seperti apa bagian dalam rumah tersebut.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah 28 Tahun, Rano Karno Kembali Raih Penghargaan

Posted: 14 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak menjabat sebagai Wakil Gubernur Banten 2012-2014, Rano Karno tak lagi aktif di dunia peran. Namun, jiwa seninya tetap menggeliat dan menodoronya membuat film yang dinanti para penggemar.

Pada 2018 lalu, setelah Rano Karno tak lagi menjadi pejabat daerah, ia menggarap film Si Doel The Movie. Bapak dua anak ini pun tampil sebagai pemeran utamanya.

Tak disangka, pada penghargaan Indonesia Movie Actors Awards (IMAA 2019), yang diselanggarakan pada Kamis (14/3/2019), Rano Karno terpilih sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik.

"Alhamdulillah. Terimakasih semua atas doa dan dukungannya.. #Repost @imaawards (@get_repost)," tulisnya di akun Instagram, Jumat (15/3/2019).

 

28 Tahun

Rano Karno (Foto: Instagram)

Ini bukan kali pertama Rano Karno mendapat penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik. Pada 28 tahun silam, ia juga berhasil membawa pulang piala FFI di kategori yang sama melalui film Taksi.

 

Banyak Penghargaan

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Dilansir Wikipedia, sudah banyak penghargaan yang diraih Rano Karno. Bahkan, saat kecil, ia berhasil meraih Best Child Actor FFA di Taiwan pada 1974.

Pada 1997, ia juga mendapat penghargaan sebagai Bintang Drama Pria Terfavorit dalam Panasonic Awards.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Matahari Menerjang Bumi, Apakah Indonesia Bakal Terdampak?

Posted: 14 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, ahli prakiraan dari Space Weather mengumumkan kalau Badai Matahari akan bergerak mengarah ke Bumi pada hari ini, Jumat (15/3/2019). Badai tersebut merupakan hasil dari lubang yang ada di di atmosfer Matahari.

Secara teoritis, seperti dikutip dari The Express, Badai Matahari memiliki dampak yang cukup mengganggu. Beberapa di antaranya dapat mematikan sinyal ponsel, TV digital, hingga menonaktifkan fungsi GPS.

Meskipun demikian, Badai Matahari disebut tidak terlalu berbahaya. Dalam situsnya, Space Weather mengatakan bahwa Badai Matahari ini masuk dalam kategori G1 Minor. Dengan kata lain, peristiwa kali ini tidak berimbas banyak pada kondisi Bumi.

"Badai geomagnetik Minor kelas G1 kemungkinan akan tiba pada 15 Maret 2019. Oleh sebab itu, para pengamat langit di Artik, siapkan kamera kalian," tulis Space Weather.

Sekadar informasi, peristiwa badai magnetik biasanya menjadi penyebab terjadinya aurora di kutub utara dan selatan.

Untuk di Indonesia sendiri, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), memastikan bahwa tidak ada dampak dari Badai Matahari. Hal itu diumumkan melalui akun Twitter resmi masing-masing.

Menurut BMKG, berdasarkan pemantauan yang dilakukan pada enam stasiun magnet Bumi di Indonesia, dampak dari badai magnetik yang ada sangat lemah. Pun ada masalah, biasanya terjadi pada wilayah lintang tinggi.

"Indonesia yang berada di wilayah ekuator memiliki kemungkinan sangat kecil untuk mengalami gangguan akibat badai geomagnetik ini," tulis BMKG melalui akun Twitter resminya.

 

Pernyataan LAPAN

Badai matahari atau solar flare (NASA)

Senada dengan BMKG, LAPAN menyebut bahwa intensitas paparan badai kali ini sangat lemah, meski ada kemungkinan paparan ini dapat berdampak pada satelit.

Menurut LAPAN, pengaruh Badai Matahari ke satelit dapat mengakibatkan perangkat tersebut kelebihan paparan energi (latch up).

"Pengaruh badai matahari ke satelit, yaitu akan mengalami latch up/over current (kelebihan paparan energi), sehingga harus dibuang dengan cara menyalakan beberapa sub-sistem/ devices (reaction wheel, RF transmission, kamera, dsbnya)," tulis LAPAN.

Perlu diketahui, Badai Matahari sebenarnya merupakan peristiwa alam yang normal terjadi. Biasanya, peristiwa ini terjadi karena ada aktivitas pelontara massa korona di Matahari.

Saat sampai di Bumi, Badai Matahari yang berinteraksi dengan medan magnet akan mengakibatkan gangguan sementara pada lapisan magnetosfer sehingga mengakibatkan Badai Geomagnetik.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Video Badai Matahari Nasa]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala Presiden Grup B: Bhayangkara FC Juara, Bali United Harap-Harap Cemas

Posted: 14 Mar 2019 08:56 PM PDT

Jakarta - Fase penyisihan Grup B Piala Presiden 2019 telah berakhir, Kamis (14/3). Laga pamungkas yang disiarkan di Indosiar digelar di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Kamis (14/3/2019).

Sebanyak dua pertandingan yang digelar sebagai laga penutup Grup B. Laga-laga tersebut adalah Semen Padang menghadapi Mitra Kukar dan Bhayangkara FC menghadapi Bali United.

Semen Padang berhasil menutup babak penyisihan Grup B Piala Presiden 2019 dengan kemenangan 2-0 atas Mitra Kukar. Gol kemenangan Kabau Sirah Irsyad Maulana 26', Victor Juffo 50'.

Meski begitu, kemenangan tersebut tak menentukan apapun. Semen Padang finis di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin, sedangkan Mitra Kukar di urutan juru kunci Grup B dengan tanpa poin.

Pada pertandingan kedua, Bhayangkara FC berhasil mengalahkan Bali United dengan skor telak 4-1. Gol kemenangan The Guardian dibukukan Anderson Salles 45+5', Vendry Mofu 49', Dendy Sulistyawan 62', dan Rachmad Hidayat 76', sedangkan gol yang dicetak Melvin Platje 80' menjadi hiburan buat Pasukan Tridatu.

Para pemain Bhayangkara FC merayakan gol yang dicetak Anderson Sales ke gawang Bali United pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

Kemenangan ini membuat Bhayangkara FC menutup babak penyisihan Grup B Piala Presiden 2019 dengan status juara grup hasil koleksi 9 angka. Predikat itu membuat pasukan Angel Alfredo Vera berhak lolos ke babak perempat final.

Adapun Bali United finis di peringkat kedua dengan raihan enam poin. Hasil ini membuat pasukan Stefano Cugurra harap-harap cemas untuk bisa melaju ke babak selanjutnya dengan tiket runner-up terbaik dan menunggu hasil semua babak penyisihan selesai dimainkan.

Pada klasemen kecil peringkat kedua terbaik, Bali United menguni peringkat ketiga yang merupakan batas akhir. Andai Madura United meraih kemenangan pada pertandingan terakhir, maka bisa dipastikan Bali United tersingkir.

Berikut klasemen Grup B untuk mencermati posisi akhir empat tim dalam penyisihan grup Piala Presiden 2019 selengkapnya.

Klasemen Grup B

Striker Bali United, Irfan Bachdim, berusaha melewati gelandang Bhayangkara FC, Ilham Udin, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

Klasemen Grup B Piala Presiden 2019. (Bola.com/Dody Iryawan)

Hasil Pertandingan 14 Maret

Semen Padang 2-0 Mitra Kukar

(Irsyad Maulana 26', Victor Juffo 50')

Bhayangkara FC 4-1 Bali United

(Anderson Salles 45+5', Vendry Mofu 49', Dendy Sulistyawan 62', Rachmad Hidayat 76' | Melvin Platje 80')

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Tahun Berlalu, Gaza Kembali Menembakkan Roket ke Ibu Kota Israel

Posted: 14 Mar 2019 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Gaza - Militan di Gaza menembakkan dua roket ke arah Tel Aviv, di mana hal itu merupakan serangan pertama pada jenisnya sejak perang antara Israel dan Hamas, 2014 lalu.

Israel telah menanggapi dengan menyerang apa yang disebutnya "situs teror" di Gaza, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Jumat (15/3/2019).

Sirene roket terdengar di Tel Aviv pada Kamis malam, memperingatkan warga untuk bergegas pergi ke bunker perlindungan.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan atau korban jiwa, kata tentara Israel, dan tidak ada kelompok di Gaza yang segera mengklaim serangan itu.

Sayap militer Hamas membantah bertanggung jawab atas serangan roket tersebut.

Di Gaza, ledakan terdengar di utara dan selatan wilayah itu, menurut saksi Palestina, yang mengatakan pesawat Israel membom dua posisi keamanan Hamas.

Ketika ketegangan meningkat di Gaza atas tanggapan mematikan Israel terhadap protes mingguan di perbatasan selama tahun lalu, gerilyawan telah menembakkan ratusan roket ke daerah-daerah sekitarnya, meskipun tidak benar-benar jatuh di Tel Aviv.

Militer Israel telah menanggapinya dengan serangan udara yang meluas.

Kini, Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dikabarkan tengah memimpin pertemuan darurat dengan para pejabat senior militer setempat, guna membahas tanggapan lebih lanjut terhadap serangan tersebut.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

[vidio:Peluncuran roket Hamas dekat wartawan France 24]()

Kondisi Gaza Disebut Seperti Neraka

Kepulan asap terlihat membumbung dari Gaza City menyusul serangan udara Israel, Rabu (8/8). Sirene dibunyikan di beberapa daerah dekat perbatasan dengan Gaza, memperingatkan warga untuk mencari tempat perlindungan segera. (MAHMUD HAMS/AFP)

Sebelumnya pada Kamis 13 Maret, pasukan keamanan Hamas di Gaza membubarkan paksa ratusan warga Palestina yang memprotes sulitnya mengakses fasilitas dasar kehidupan.

Sebuah rekaman video menunjukkan polisi memukuli demonstran di jalan-jalan, dan beberapa suara tembakan terekam jelas saat itu.

Konflik terbuka yang jarang terjadi itu dipicu oleh kenaikan pajak beberapa waktu lalu. Unggahan di media sosial oleh para pendukung protes disertai dengan tanda pagar (tagar) "kami ingin hidup" dalam bahasa Arab.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan pada 2017, bahwa satu dekade setelah Hamas merebut kekuasaan Jalur Gaza, wilayah itu secara efektif "menjadi neraka" bagi 2 juta penduduknya.

Terperangkap oleh blokade Israel-Mesir yang melumpuhkan, penduduk Gaza menderita kesulitan akses air bersih dan makanan segar, serta mau tidak mau harus mengahdapi sistem layanan kesehatan yang buruk.

Seperti halnya Hamas, faksi-faksi bersenjata lainnya yang beroperasi di wilayah Gaza turut memusuhi Israel. Salah satu di antaranya adalah Jihad Islam, sebuah organisasi yang didukung Iran, di mana diketahui telah meluncurkan roket di masa lalu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Bali United Akui Keunggulan Bhayangkara FC

Posted: 14 Mar 2019 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bali United mencatat hasil buruk pada laga pamungkas Grup B Piala Presiden 2019. Pada pertandingan melawan Bhayangkara FC di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis kemarin 14 Maret 2019, tim berjuluk Serdadu Tridatu itu kalah telak 1-4.

Di pertandingan yang disiarkan langsung Indosiar itu, Bali United di awal laga sudah tertinggal 0-1 lewat tendangan penalti Anderson Salles. Tim lawan kemudian tampil lebih agresif dengan mencetak tiga gol lagi melalui Vendry Mofu, Dendy Sulistyawan, dan Rahmad Hidayat.

Sementara, Serdadu Tridatu baru bisa mencetak satu gol lewat Melvin Platje di akhir babak kedua.

Usai laga, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco menyebut konsentrasi pemainnya langsung menurun setelah tuan rumah mendapatkan hadiah penalti. Alhasil, timnya bermain tidak sesuai harapan.

Faktor Kekalahan

Gelandang Bhayangkara FC, Muhammad Hargianto, berusaha melewati gelandang Bali United, Sutanto Tan, pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Bhayangkara menang 4-1 atas Bali. (Bola.com/Yoppy Renato)

"Pada babak pertama kedua tim bermain sangat keras dan Bhayangkara FC berhasil mencetak satu gol sehingga kami kehilangan konsentrasi. Mereka lebih percaya diri pada babak kedua dan kami turun konsentrasi sehingga mereka bisa mencetak gol kembali," ujar Teco.

Mantan pelatih Persija Jakarta ini juga membantah jika kekalahan tersebut terjadi lantaran tiga pemain pilarnya yaitu Ricky Fajrin, Ilija Spasojevic, dan Stefano Lilipaly dipanggil Timnas Indonesia. Teco pun mengungkapkan salah satu faktor yang membuat timnya kalah.

Evaluasi

"Saya pikir itu bukan faktor utama. Mungkin karena dekatnya recovery pertandingan. Ini sangat cepat," kata Teco.

"Kami akan evaluasi, kami harus kerja keras lagi ini masih awal musim. Jadi kami tahu masih ada kekurangan. Meski kalah, kami harus tetap kompak," imbuhnya.

Sumber: Bola.net 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia, Terkenal dan Mendunia

Posted: 14 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Musik merupakan hiburan yang dicintai oleh semua orang. Apalagi dengan kemajuan teknologi yang memberikan kemudahan mengakses musik seperti youtube atau platform musik

Meski perkembangan alat musik makin canggih, alat musik tradisional tak hilang dan masih banayk digemari. Bahkan, beberapa alat musik tradisional Indonesia terkenal dan mendunia.

Indonesia mempunyai alat musik tradisional yang sangat banyak. Hal itu tak lepas dari kekayaan budaya masyarakatnya. Ada berbagai jenis alat musik yang bisa kamu temui.  Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber jenis alat musik tradisional di Indonesia. Jumat (15/3/2019)

Angklung dan gamelan

Siswa memainkan gamelan di pelataran Jakarta Intercultural School (JIS) Pattimura, Jakarta, Rabu (24/8). Ratusan siswa diperkenalkan dengan lomba tradisional sekaligus pengenalan budaya Indonesia. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

1. Angklung

Jenis alat musik tradisional yang pertama yaitu angklung. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat. Cara memainkan angklung yaitu dengan menggerakkan tangan kita. Alat musik ini cukup mendunia loh, banyak warga asing yang tertarik dengan alat musik ini.  

Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan dengan tangan. Setelah digoyang makan bunyi akan keluar yang  disebabkan oleh benturan badan pipa bambu. Bunyi yang bergetar menghasilkan susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Meskipun berasal dari Jawa Barat tetapi ada banyak jenis angklung di Indoneisa, seperti Angklung Bali, Angklung Banyuwangi, Angklung Gubrag dan lain-lain.

2. Gamelan

Gamelan, jenis alat musik ini  berasal dari Jawa Tengah. Cara memainkan gamelan yaitu dengan dipukul dengan alat pemukul. Gamelan terdiri dari himpunan alat musik seperti Kendang, Bonang Barung, Bonang Penerus, Demung, Saron, Rebab.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa, "gamel" yang berarti memukul atau menabuh, diikuti akhiran "an" yang menjadikannya kata benda.

Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia dalam berbagai jenis ukuran dan bentuk himpunan alat musik

Sasando dan kolintang

3. Sasando

Sasando, salah satu jenis alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan dipetik ini berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Kini dengan sedikit modifikasi, ada sasando elektrik. Meski modern alat musik ini tetap mempertahankan bentuknya yang klasik, yaitu beresonansi daun lontar.

Di Indonesia, sasando terbilang langka. Apalagi makin berkurangnya minat anak muda yang memainkan alat musik itu. Padahal dengan modifikasi elektrik tak tertutup kemungkinan bisa bersaing dengan alat musik masa kini.

4. Kolintang

Kolintang adalah salah satu jenis alat musik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Permainan Kolintang pernah memecahkan rekor dunia pada tahun 2009 silam.

Tercatat 3.011 orang memainkan alat musik bambu bersama-sama dan 1.223 orang memainkan kolintang secara massal di Stadion Maesa Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Ribuan peserta memainkan alat musik mereka masing-masing secara apik sehingga nada yang dihasilkan pun serasi dan memiliki nilai seni yang tinggi.

Tak sia-sia, empat rekor dunia berhasil diraih. Yakni memainkan alat musik bambu terbanyak, memainkan alat musik kolintang terbanyak, instrumen musik kolintang dan instrumen musik bambu terompet raksasa. Pemecahan rekor dunia di bidang seni budaya ini adalah rekor pertama di Sulut ataupun Indonesia.

Serune Kale dan Slenthem

Ilustrasi slenthem (Sumber: Wikipedia)

5. Serune Kale

Serune Kalee merupakan alat musik tradisional dari Aceh. Alat musik ini telah lama berkembang dan dihayati oleh masyarakat Aceh. Musik ini populer di daerah Pidie, Aceh Utara, Aceh Besar dan Aceh Barat.

Biasanya alat musik ini dimainkan bersamaan dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tarian, penyambutan tamu kehormatan.

Saat tahun 2013 di mana Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menjabat sebagai presiden datang dan disambut dengan permainan alat musik Serune Kale.  

Bahan dasar Serune Kale ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musik ini hampir menyerupai seruling bambu. Warna dasarnya hitam yang fungsi sebagai pemanis atau penghias musik tradisional Aceh.

6. Slenthem

Slenthem merupakan salah satu alat musik berasal yang dari Jawa Tengah. Cara memainkannya sama seperti gong yautu dengan cara dipukul dengan alat pukul.

Slenthem termasuk dari salah satu instrumen gamelan.

Seperti halnya pada instrumen lain dalam satu set gamelan, slenthem tentunya memiliki versi slendro dan versi pelog. Wilahan Slenthem Pelog umumnya memiliki rentang nada C hingga B, sedangkan slenthem slendro memiliki rentang nada C, D, E, G, A, C'.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Kesaksian Korban Selamat Penembakan Masjid Selandia Baru

Posted: 14 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah masjid di Selandia Baru jadi sasaran tembak pria tak dikenal yang menyebabkan sejumlah warga tewas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rashford Mengancam Rekor Abadi Rooney di MU

Posted: 14 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Marcus Rashford dipediksi melampaui rekor abadi milik Wayne Rooney di Manchester United (MU). Rooney merupakan top scorer Setan Merah, sebutan MU, sepanjang masa dengan raihan 253 gol.

Sementara Rashford, yang barus berusia 21 tahun, telah mengemas 43 gol dari 160 penampilan bersama MU di semua kompetisi. Manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer optimistis Rashford bisa mengalahkan rekor milik Rooney.

"Akan sangat fantastis jika Rashford bisa seperti Rooney. Kita semua tahu, pemain legenda di klub ini banyak yang telah tinggal di sini begitu lama, dan bahkan tak sedikit yang menjadi one man club. Saya berharap Rashford akan menjadi seperti salah satu dari mereka."

"Saya harap dia menorehkan gol lebih banyak dari catatan terbanyak saat ini. Rashford punya potensi jadi mesin gol untuk MU," kata Solskjaer, dikutip dari The Guardian.

Sebelum melampaui Rooney, Solskjaer menuntut Rashford tampil konsisten di setiap pertandingan. Menurut sang manajer, pemain kelahiran Manchester itu masih perlu mengasah keterampilannya.

"Jika Rashford terus konsisten bermain baik, dia akan semakin baik di tim ini. Dia masih berusia 21 tahun, sehingga kita semua tidak mengharapkan konsistensi di semua permainannya, hanya saja dia pasti bisa mendapatkan kualitas yang terbaik yang dia bisa maksimalkan," ucap manajer MU berusia 46 tahun tersebut.

 

Mirip Cristiano Ronaldo

Gol penentu kemenangan Man United dari kaki Marcus Rashford pada leg kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Parc des Princes, Paris, Kamis (7/3). Man United menang 3-1 atas PSG. (AFP/Franck Fife)

Di usianya sekarang, Rashford mengingatkan Solskjaer kepada sosok Cristiano Ronaldo saat masih muda. Saat ini, kata Solskjaer, Rashford sudah mengalami peningkatan seperti yang dialami Ronaldo bersama Setan Merah.

"Rashford sedang mengalami peningkatan kualitas permainan dan perubahan kedewasaan. Ini mirip seperti masa muda Cristiano, yang selalu bisa mencetak gol banyak. Hal itulah yang harus bisa diikuti Rashford. Dia pasti bisa melakukannya, karena saya yakin padanya," ucapnya.

Namun, Solskjaer membeberkan ketajaman Rashford masih kalah dari striker MU lainnya, Romelu Lukaku. Solskajer pun menuntut Rashford mengalahkan produktivitas eks striker Everton tersebut.

"Saya terus menuntutnya agar bisa terus mencetak gol sebanyak Lukaku di sesi latihan. Dia harus selalu memainkan permainan yang baik dan juga mencetak gol hingga pertandingan selesai, sama seperti Lukaku dalam beberapa pertandingan terakhir," katanya.

 

Statistik Rashford

Berikut statistik Marcus Rashford sejak menembus skuat utama MU pada 1 Januari 2016:

Main: 160

Menit main: 9.665

Gol: 43

Assist: 26

Kartu kuning: 16

Kartu merah: 1

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Indonesia Impor Susu, Mentega Hingga Telur pada Februari 2019

Posted: 14 Mar 2019 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat nilai impor Indonesia Februari 2019 mencapai USD 12,20 miliar atau turun 18,61 persen dibanding Januari 2019. Demikian juga bila dibandingkan Februari 2018 turun 13,98 persen. 
 
Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, Impor nonmigas Februari 2019 mencapai USD 10,65 miliar atau turun 20,14 persen. Sementara itu, impor migas pada Februari 2019 mencapai USD 1,55 miliar atau turun 6,28 persen dibanding Januari 2019.
 
"Penurunan impor nonmigas terbesar adalah golongan mesin dan peralatan Iistrik. Sedangkan peningkatan terbesar adalah golongan gula dan kembang gula sebesar USD 100,9 juta," ujar Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Jumat (15/3/2019). 
 
Pada sektor non migas, BPS juga mencatat kenaikan impor pada kapal Iaut dan bangunan terapung sebesar USD 35,3 juta. Kemudian, susu, mentega, telur dengan nilai impor USD 27,1 juta. Lalu ada juga impor binatang hidup sebesar USD 26,7 juta, serta golongan bijuh, kerak, dan abu logam USD 26,4 juta.
 
Tiga negara pemasok barang impor nonmigas terbesar selama Januari-Februari 2019 ditempati oleh Tiongkok dengan nilai USD 7,20 miliar (30,03 persen), Jepang USD 2,64 miliar (11,03 persen), dan Thailand USD 1,54 miliar (6,43 persen). Impor nonmigas dari ASEAN 18,79 persen, sementara dari Uni Eropa 8,57 persen. 
 
Nilai impor semua golongan penggunaan barang baik barang konsumsi, bahan baku/penolong, dan barang modal selama Januari-Februari 2019 mengalami penurunan dibanding periode yang sama tahun sebelumnya masing-masing 18,77 persen, 7,60 persen, dan 2,32 persen.
 
Reporter: Anggun P Situmorang
 
Sumber: Merdeka.com
 

Ekspor RI Merosot 10 Persen pada Februari, Ini Penyebabnya

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Februari turun sebesar 10,03 persen dibandingkan Januari 2019. Nilai ekspor Indonesia pada Februari tercatat sebesar USD 12,53 miliar. 

"Nilai ekspor Februari 2019 total USD 12,53 Miliar. Dibanding Januari turun 10,03 persen," ujar Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Suhariyanto menjelaskan, nilai ekspor hasil minyak dan gas turun pada Februari yaitu sebesar USD 1,09 miliar. Hal yang sama juga terjadi pada produk nonmigas. Nonmigas tercatat sebesar USD 11,44 miliar. 

"Pergerakan ekspor dari bulan ke bulan yang 2019 patternnya bulan Februari selalu menurun dibanding Januari. Itu karena jumlah hari Februari selalu lebih pendek dibanding bulan sebelumnya," kata dia.

Ekspor Indonesia menurut sektor, migas merosot sebesar 11,85 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara dari non migas, pertanian turun sebesar 17,40 persen dibanding bulan sebelumnya. 

"Pengolahan turun 7,71 persen. Month to month yang menyebabkan turun yaitu minyak kelapa sawit, kimia dasar, pakaian jadi, tekstil dan sepatu. Pertambangan dibanding Januari turun 18,76 persen. Komositasnya batu bara, biji tembaga dan liknit besi,"  ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Siklon Tropis Picu Banjir Besar di Afrika Tenggara, 115 Orang Tewas

Posted: 14 Mar 2019 08:43 PM PDT

Liputan6.com, Maputo - Badai Siklon tropis "Idai" menghantam sejumlah negara di Afrika Tenggara, menyebabkan hujan deras, banjir bandang, dan tanah longsor. Sebanyak 115 orang telah dinyatakan tewas per Kamis, 14 Maret 2019 sebagai akibat bencana.

Sedikitnya terdapat 66 korban tewas di Mozambik, 45 di Malawi, dan 4 di Afrika Selatan, menyusul hujan deras yang menyebabkan banjir bandang. Korban luka-luka hingga saat ini terhitung 111 orang, mengutip media Al Jazeera pada Jumat (15/3/2019).

Banjir tersebut telah menerjang 5.756 rumah di Mozambik, menyebabkan 141.325 orang terdampak dari total 15.467 kepala keluarga, dengan 9.763 di antaranya merupakan siswa sekolah. Bencana juga menyebabkan rusaknya fasilitas umum yakni 18 rumah sakit serta 938 ruang kelas sekolah. Sebanyak 168.000 hektar perkebunan juga turut rusak.

Sedangkan di Malawi, terdapat 141.325 orang terdampak banjir, dengan 5.756 orang kehilangan tempat tinggal.

Saat ini, peringatan bahaya telah diterbitkan oleh otoritas Mozambik dan Malawi.

"Pemerintah telah mengeluarkan tanda merah (peringatan) terkait dengan berlanjutnya hujan dan siklon tropis Idai, yang diperkirakan akan menghantam negara dari Kamis hingga Jumat," kata juru bicara kabinet Mozambik Ana Comoana, pascapertemuan kabinet di Maputo yang membahas bencana tersebut.

Sedangkan di Malawi, Departemen Meteorologi telah mengingatkan prakiraan adanya hujan lebat dan banjir di bagian selatan negara antara Kamis hingga Minggu.

Evakuasi

Saat ini pemerintah Mozambik tengah berfokus pada proses evakuasi dan penyediaan fasilitas sementara bagi para korban terdampak.

Evakuasi tanggap darurat telah diterjunkan dengan sigap sesaat setelah terjadinya banjir untuk menyelamatkan korban hidup di zona rawan.

Saat ini, telah terdapat 16 pusat pengungsian yang dibuka di Provinsi Zambezia dan Tate untuk menampung korban dengan rumah tersapu banjir. Adapun untuk menyediakan bantuan kepada korban, pemerintah mengaku membutuhkan dana yang tidak sedikit.

"Pemerintah membutuhkan 1,1 miliar meticais (sekira Rp 229 miliar) untuk membantu 80.000 keluarga yang terdampak," kata Comoana.

Mozambik memang sangat rawan dengan fenomena cuaca ekstrem seperti banjir bandang. Pada 2015 lalu, 100 orang tewas akibat bencana itu, sedangkan pada 2000, korban mencapai 800 orang.

Cuaca ekstrem yang dimaksud sering kali datang bersamaan dengan fenomena siklon tropis Idai, yang terbentuk di Selat Mozambik.

 

Simak pula video pilihan berikut:

Siklon Kategori 3 Telah Terjadi

Ilustrasi badai (NOAA via AP)

Siklon tropis yang disebut oleh berbagai entitas sebelumnya telah terjadi, yakni berukuran Kategori 3 Siklon per Kamis malam. Kecepatan angin mencapai 224 kilometer per jam disertai dengan hujan lebat, sebagaimana dikabarkan oleh media Afrika Selatan News24.

Sebagai dampaknya, terjadi berbagai kerusakan dan pemadaman listrik.

Siklon Idai yang dimaksud tengah mengumpulkan kekuatan di Samudera Hindia dan diprediksikan akan menghantam Kota Beira di Privinsi Sofala.

Otoritas pembuat prakiraan cuaca Afrika Selatan mengatakan bahwa siklon Idai tengah "dalam perjalanan" menuju Beira, dan diprediksi akan menyebabkan tanah longsor malam ini.

Hal itu senada dengan laporan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan.

"Siklon Tropis Idai, yang terbentuk di atas Selat Mozambik Utara pada 9 Maret, diperkirakan akan menyebabkan longsor di Beira (Mozambik timur) pada 14 atau 15 Maret," kata pihak PBB.

"Topan itu terjadi di atas Selat Mozambik pada 12 Maret dan diperkirakan akan memperkuat status sikon tropis yang intens (setara dengan Kategori 4) sebelum berdampak pada longsor," pungkasnya.

Kekuatan angin saat ini mencapai 105 knot, dengan curah hujan diprediksi akan berkisar 100-200 mm.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingkar Janji, Seungri Bigbang Tak Kooperatif saat Diperiksa Polisi

Posted: 14 Mar 2019 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Seungri Bigbang dan Jung Joon Young menjalani pemeriksaan di Metro Seoul, Kamis (14/3/2019). Keduanya diperiksa terkait berbagai kasus, termasuk korupsi kepada polisi, prostitusi untuk klien bisnis, penyebaran video seks rekaman tersembunyi dan lainnya.

Namun saat investigasi berlangsung, alih-alih kooperatif dan berkata jujur, keduanya dilaporkan menolak menunjukkan ponselnya sebagai bagian dari penyelidikan polisi.

Laporan dari Chosun mengatakan, ketika polisi meminta mereka menunjukkan ponselnya untuk mencari tahu kebenaran sesungguhnya, Seungri Bigbang menolak, sedangkan Jung Joon Young beralasan bahwa ponselnya baru diganti sejak 2 minggu lalu. Kendati demikian, Jung Joon Young memberikan ponselnya itu kepada polisi.

Padahal sebelumnya, sesaat sebelum menghadiri pemeriksaan polisi di kantor Polisi Metro Seoul, Kamis (14/3), mereka menyatakan akan berkata jujur dan kooperatif dalam menjalankan investigasi tersebut.

Butuh Ponsel

(Foto: allkpop.com)

Polisi sendiri membutuhkan ponsel keduanya untuk mengumpulkan bukti dan mencari tahu kebenaran sehubungan dengan beberapa grup chat yang membicarakan tentang prostitusi, penyuapan, judi ilegal, dan masih banyak lagi.

Fans Marah

Seungri BigBang (Foto: instagram.com/seungriseyo)

Para warganet pun menumpahkan kemarahannya karena apa yang keduanya sampaikan sebelum pemeriksaan berbanding terbalik dengan kenyataan.

"Seseorang yang bersumpah untuk kooperatif menolak memberikan ponselnya?" tulis seorang warganet seperti dilansir dari Koreaboo.

"Politisi bukan satu-satunya yang berpikir warga mereka sebagai a*****g," tulis lainnya

"Lo nolak? Apa lo mau membodohi warga lagi? Oh, oke! Ayo buruan akhiri!" ujar warganet berbeda.

"Lo pasti punya sesuatu yang benar-benar kotor. Lo bohong dan bilang mau kooperatif. Lo harus dipenjara!" kata yang lain.

Atas kasus ini, nama selebriti lain, yakni Lee Jonghyun CNBLUE juga telah diberitakan oleh SBS bahwa ia terlibat dalam percakapan dan membagikan video seks dengan Jung Joon Young. (Deti Mega Purnamasari/JawaPos.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspor RI Merosot 10 Persen pada Februari, Ini Penyebabnya

Posted: 14 Mar 2019 08:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekspor Indonesia pada Februari turun sebesar 10,03 persen dibandingkan Januari 2019. Nilai ekspor Indonesia pada Februari tercatat sebesar USD 12,53 miliar. 

"Nilai ekspor Februari 2019 total USD 12,53 Miliar. Dibanding Januari turun 10,03 persen," ujar Kepala Badan Pusat Statistik Suhariyanto di Kantornya, Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Suhariyanto menjelaskan, nilai ekspor hasil minyak dan gas turun pada Februari yaitu sebesar USD 1,09 miliar. Hal yang sama juga terjadi pada produk nonmigas. Nonmigas tercatat sebesar USD 11,44 miliar. 

"Pergerakan ekspor dari bulan ke bulan yang 2019 patternnya bulan Februari selalu menurun dibanding Januari. Itu karena jumlah hari Februari selalu lebih pendek dibanding bulan sebelumnya," kata dia.

Ekspor Indonesia menurut sektor, migas merosot sebesar 11,85 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara dari non migas, pertanian turun sebesar 17,40 persen dibanding bulan sebelumnya. 

"Pengolahan turun 7,71 persen. Month to month yang menyebabkan turun yaitu minyak kelapa sawit, kimia dasar, pakaian jadi, tekstil dan sepatu. Pertambangan dibanding Januari turun 18,76 persen. Komositasnya batu bara, biji tembaga dan liknit besi,"  ujar dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Neraca Perdagangan Indonesia Surplus USD 0,33 Miliar pada Februari

Kapal mengangkut peti kemas dari JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/11). Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekspor kuartal III/2018 mencapai 7,7 persen, berbanding jauh dengan kuartal III/2017 sebesar 17,26 persen. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Februari 2019 surplus sebesar USD 0,33 miliar. Hal ini berbanding terbalik dari Januari 2019 yang defisit sebesar USD 1,16 miliar dan Februari 2018 yang defisit USD 120 juta.

"Sesudah 4 bulan kita mengalami defisit, Alhamdulillah bulan ini kita mengalami surplus. Kita berharap bulan-bulan berikutnya kita mengalami surplus," ujar Kepala BPS Suhariyanto di Kantor BPS, Jakarta, Jumat 15 Maret 2019.

Dia menjelaskan, pada Februari 2019, nilai ekspor Indonesia tercatat sebesar USD 12,53 miliar. Sedangkan impor sebesar USD 12,2 miliar.‎

"Pada Februari 2019, total ekspor sebesar USD 12,53 miliar. Dibandingkan Januari 2019, berarti ada penurunan 10,03 persen," ungkap dia.

Sedangkan impor pada Februari 2019 juga menurun drastis yaitu 18,61 persen dibandingkan impor di Januari 2019.

Dia menjelaskan, neraca perdagangan ini dipengaruhi harga komoditas baik migas maupun nonmigas pada Februari 2019. ‎Sejumlah komoditas yang mengalami kenaikan harga seperti‎ nikel, tembaga, seng, karet dan sawit. Sedangkan yang mengalami penurunan yaitu minyak kernel dan batu bara.

"Komoditas nonmigas yang mengalami peningkatan ada, tapi ada juga komoditas yang mengalami penurunan. Minyak mentah dan nonmigas ini berpengaruh pada nilai ekspor dan impor Indonesia," tandas dia.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea vs Dynamo Kiev: Cetak Hattrick, Sarri Puji Penampilan Giroud

Posted: 14 Mar 2019 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Chelsea memetik kemenangan telak 5-0 atas Dynamo Kiev di babak 16 besar, Jum'at (15/3/2019) dini hari WIB. Hasil ini membuat Chelsea sukses melaju ke babak perempat final, karena menang agregat 8-0 atas Kiev.

Performa yang sangat prima ditunjukkan Olivier Giroud pada laga melawan Dynamo Kiev. Giroud mencetak hattrick dan membawa Chelsea memetik kemenangan.

Giroud mendapatkan gol pertamanya pada menit ke-5. Gol kedua terjadi pada menit ke-33. Giroud mencatat hattrick pada menit ke-59. Perfoma apik Giroud juga mengantar The Blues melaju ke babak Perempat Final Liga Europa.

Penampilan apik eks bomber Arsenal itu mendapat banyak pujian. Salah satu pujian datang dari manajer Chelsea yakni Maurizio Sarri. Dia tentu saja begitu puas melihat performa yang ditampilkan oleh Giroud.

Olivier Giroud selama ini lebih sering jadi opsi kedua di lini serang Chelsea. Dia masih kalah bersaing dengan Gonzalo Higuain. Namun, ketika bermain di Liga Europa, Giroud adalah pilihan utama bagi Maurizio Sarri.

Sarri Sangat Puas

Pelatih Chelsea, Maurizio Sarri, memberikan aplaus usai laga melawan PAOK pada laga Liga Europa di Stadion Toumbas, Thessaloniki, Kamis (20/9/2018). PAOK takluk 0-1 dari Chelsea. (AP/Thanassis Stavrakis)

Giroud pun selalu memberi penampilan apik saat bermain di Liga Europa. Total, bomber Prancis di Piala Dunia 2018 itu telah mencetak sembilan gol di Liga Europa musim 2018/19. Jumlah itu sudah termasuk hattrick ke gawang Dynamo.

"Itu penampilan yang sangat, sangat bagus," ucap Sarri dikutip dari situs resmi Chelsea.

"Pada periode akhir setiap kali dia ada di lapangan dia bisa bermain dengan baik. Dia mencetak sembilan gol di Liga Europa. Giroud pemain sangat penting bagi kami. Saya senang untuk hattrick-nya dan sangat sangat puas," tegas Sarri.

Titik Lemah Dynamo

Maurizio Sarri mengatakan jika hasil apik yang diraih Chelsea tidak lepas dari kondisi Dynamo Kiev yang tidak prima. Chelsea bisa menang dengan skor 0-5 lantaran, menurut Sarri, Dynama tidak sedang berada dalam kondisi fisik yang bagus.

"Masalah untuk Dynamo pada musim ini adalah bahwa mereka tidak berada dalam kondisi fisik terbaiknya."

"Mingkin dua tahun lalu mereka dalam kondisi lebih baik. Tapi, pada saat ini mereka adalah tim yang sangat muda dengan masa depan yang sangat hebat," papar manajer asal Italia tersebut.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Badai Matahari Terjadi Hari Ini, Bagaimana Dampaknya di Indonesia?

Posted: 14 Mar 2019 08:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Fenomena badai matahari menuju bumi diprediksi bakal terjadi hari ini, Jumat (15/3/2019). Ledakan besar sinar kosmik ini akan memberi dampak tertentu, khususnya bagi sistem satelit.

Fenomena badai matahari, atau lebih tepatnya badai geomagnetik adalah gangguan sementara pada lapisan atmosfer bumi yang diakibatkan oleh interaksi antara angin matahari dengan medan magnet bumi. Fenomena ini rutin terjadi sebagai akibat dari aktivitas pelontaran masa korona.

Lembaga Antariksa Penerbangan Nasional (LAPAN) menyatakan belum ada dampak signifikan untuk Indonesia atas fenomena ini.

"Tenang, semua aman berdasar asesmen dari Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) LAPAN, belum ada dampak signifikan," tulis LAPAN dalam akun twitter resminya @LAPAN_RI.

Menurut LAPAN, posisi lubang korona di sekitar ekuator matahari memang bisa melepaskan angin matahari cepat yang diperkirakan mencapai bumi dalam 2 hari. Tetapi efeknya tidak seperti yang diberitakan.

LAPAN mengabarkan bahwa pada tahun ini intensitas paparan badai matahari tidak terlalu signifikan atau dalam intensitas rendah. Efeknya akan berpengaruh ke satelit yaitu mengalami kelebihan paparan energi, sehingga harus dibuang dengan cara menyalakan beberapa sub sistem atau devices.

Dampaknya di Indonesia

Fenomena ini bisa mempengaruhi satelit di orbit, dan berpotensi menyebabkan kurangnya navigasi GPS, sinyal ponsel, dan TV satelit. Selain itu, gelombang partikel dapat menyebabkan arus tinggi di magnetosfer, yang dapat menyebabkan arus lebih tinggi dari listrik normal di saluran listrik, mengakibatkan transformator listrik dan pembangkit listrik meledak dan kehilangan daya.

Berdasarkan informasi yang disebarkan melalui instastory akun instagram @infobmkg, ada skala kekuatan badai geomagnetik mulai dari minor (G1) sampai kekuatan ekstrim (G5). Badai geomagnetik kali ini diperkirakan terjadi pada kategori minor (G1).

Dampaknya akan ada gangguan minor pada sistem satelit dan gangguan lemah pada jaringan listrik, terutama pada wilayah lintang tinggi.

Meski begitu, Indonesia yang berada di wilayah ekuator memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk mengalami gangguan akibat badai geomagnetik ini.

 

Reporter: Dewi Larasati

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:Video Badai Matahari Nasa]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuasai Mayoritas Saham Freeport Indonesia, Apa Dampak Jangka Panjangnya?

Posted: 14 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia telah menguasai 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI), sejak September 2018.

Indonesia memegang saham lebih banyak di PTFI. Hal ini merupakan salah satu prestasi yang telah diperjuangkan oleh Pemerintah Indonesia. 

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono memaparkan, dampak jangka panjang divestasi tersebut untuk Indonesia.

Dengan memiliki mayoritas saham PTFI oleh pemerintah melalui PT Inalum, akan memberikan dampak positif yaitu kelangsungan operasi PTFI dan aspek sosial, ekonomi di Papua, pendapatan meningkat, terciptanya dampak ganda dari pengembangan smelter dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), serta ada transfer teknologi pertambangan.

"Perpanjangan izin usaha ini diharapkan membawa kemajuan ekonomi Indonesia menjadi lebih meningkat lagi. Dari penerimaan negara dari pajak dan bukan pajak (PNBP) hingga pemanfaatan smelter secara maksimal yang memberikan lapangan pekerjaan bagi putra daerah Papua," kata Bambang, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, di Jakarta, Jumat (15/3/2019).

Bambang menambahkan, melalui pengembangan smelter menciptakan nilai tambah yang bisa didapatkan, dampak positifnya baru bisa dirasakan beberapa tahun mendatang.

Misalnya, saat ini PTFI hanya mengekspor dan menghasilkan konsentrat, melalui pembangunan smelter, produk yang dihasilkan bisa lebih beragam seperti emas batangan atau timah, nilainya jauh lebih besar. Lapangan pekerjaan pun akan otomatis terbuka bagi masyarakat Papua.

Bambang juga memaparkan, perjalanan pergantian izin PT Freeport Indonesia dari Kontrak Kerja (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK). Yang harus menempuh proses panjang dna alot. "Untuk mengubah KK menjadi IUPK. Kita inginnya menjadi IUPK, kalau enggak jadi IUPK, Anda enggak boleh ekspor," papar Bambang.

 

Kesepakatan Pokok

Freeport Indonesia (AFP Photo)

Selain perubahan izin, sebelum perpanjangan diberikan, PTFI memiliki kesepakatan pokok dengan pemerintah.

Kesepakatan ini adalah kewajiban PT Freeport Indonesia antara lain, melaksanakan pembangunan smelter dalam kurun waktu paling lambat lima tahun.

Kemudian melaksanakan divestasi saham PTFI sebesar 51 persen kepada peserta Indonesia dan stabilitas penerimaan negara dalam IUPK secara agregat lebih besar dibanding penerimaan negara dalam KK. 

"Jadi semuanya ini untuk kesejahteraan rakyat," tegas Bambang.

Dengan terbitnya Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK-OP), sebagai pengganti Kontrak Karya (KK) PTFI yang telah berjalan sejak 1967 dan diperbaharui pada 1991, dengan masa berlaku hingga 2021 pun dilakukan sebagai komitmen negara saat menandatangani kerja sama pada 1967. PTFI pun mendapat jaminan fiskal dan regulasi. 

"Divestasi lima puluh satu persen saham ini merupakan keberhasilan tersendiri," tandas Bambang.

Secara rinci kepemilikan saham 51,23 persen tersebut, terdiri dari 41,23 persen untuk Inalum dan 10 persen untuk Pemerintah Daerah Papua.

Saham Pemerintah Daerah Papua akan dikelola oleh perusahaan khusus PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPPM) yang 60 persen sahamnya akan dimiliki oleh Inalum, dan 40 persen oleh BUMD Papua.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smartphone Pixel Sudah Bisa Cicipi Android Q Beta 1

Posted: 14 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Google akhirnya merilis versi beta pertama OS Android Q, tapi tidak untuk semua perangkat Android. Sejauh ini, yang bisa mencicipi OS tersebut adalah smartphone Pixel.

Dilansir GSM Arena, Jumat (15/3/2019), smartphone yang sudah bisa mencicipi OS tersebut, Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3, dan Pixel 3 XL.

Ketersediaan untuk Pixel dan Pixel XL dinilai cukup mengejutkan mengingat keduanya sudah melewati waktu dukungan untuk fitur-fitur baru. Namun, belum diketahui apakah keduanya akan mendapatkan versi final Android Q atau tidak.

Para pengguna Pixel bisa mendapatkan software Android Q beta ini melalui program Android Beta. Kemudian, pengguna akan menerima OS tersebut melalui over-the-air.

Android Q Beta 1 ini terutama ditujukan bagi para developer untuk memulai pengujian aplikasi mereka. Oleh sebab itu, jika Anda tertarik dengan OS ini, harus mempersiapkan diri karena versi beta biasanya belum stabil dan banyak bug.

Jika merujuk pada tahun-tahun lalu, sebagian besar fitur untuk konsumen di Android Q akan diumumkan dalam konferensi Google I/O. Pada tahun ini, acara tersebut akan digelar pada Mei 2019.

Android Q Bakal Boyong Face ID dan Screen Recording Bawaan?

Ilustrasi Android  (iStockPhoto)

Sejumlah informasi mengenai Android Q sudah bermunculan di ranah maya. Beberapa waktu lalu muncul laporan yang menyebutkan OS tersebut akan memiliki fitur pengenalan wajah yang lebih baik.

Selain itu, Android Q juga akan memiliki kemampuan screen recording bawaan. Sebelumnya, untuk melakukan hal tersebut, pengguna Android biasanya memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Ada pula opsi fitur Emergency baru yang dapat diakses dengan tombol Power. Jadi, opsi untuk memanggil nomor darurat yang dapat dihubungi kini muncul bersama opsi power offrestart, dan screenshot.

Tidak hanya itu, Android Q juga akan mendukung 5G dan Wi-Fi WPA3. Kemudian juga ada fitur Sensor Privacy, yang memungkinkan pengguna mematikan akses untuk sejumlah sensor.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembali ke Real Madrid, Berapa Gaji Zidane?

Posted: 14 Mar 2019 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zinedine Zidane resmi kembali ke Real Madrid pada Senin (11/3/2019). Florentino Perez, presiden Real Madrid kembali memboyongnya untuk memperbaiki prestasi Los Blancos yang merosot tajam musim ini.

Zidane juga diharapkan bisa sedikitnya memberi perlawanan kepada Barcelona di La Liga. Saat ini, Real Madrid masih tertinggal 12 poin dari Barcelona di La Liga.

Peluang Madrid memang tipis untuk kejar Barcelona, tapi Zidane diharapkan bisa membuat kejutan. Semua ini juga tentunya tergantung bagaimana penampilan Barcelona di laga-laga berikutnya.

Zidane sudah mengungkapkan mengapa kembali ke Real Madrid. Dia juga mengaku sudah berkorban untuk menampik tawaran klub-klub besar Eropa lainnya seperti Chelsea, Manchester United dan Juventus demi Madrid.

"Ini hari spesial. Saya bahagia bisa kembali. Saya mulai bekerja mengembalikan klub ini ke tempat sebenarnya," kata Zidane, dilansir AS.

 

 

Gaji Zidane

Zinedine Zidane pada konferensi pers usai kembali ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid, Senin (11/3/2019). (AFP/Pierre-Philippe Marcou)

Punya reputasi mentereng, Zidane tentu bisa menuntut bayaran mahal. Namun seperti dilaporkan El Confidencial, gaji Zidane ternyata masih jauh lebih murah dari Jose Mourinho dan Diego Simeone.

Zidane dikabarkan menerima 12 juta euro (sekitar Rp 193,4 miliar) per tahun.Upah Zidane berada di bawah pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone, yang mengantongi 24 juta euro atau sekitar Rp 386 miliar setiap tahun.

Gaji Zizou juga masih kalah dengan Jose Mourinho, pelatih yang sempat gencar diisukan merapat ke Madrid.Mou memperoleh 20 juta euro atau sekitar Rp 322,4 miliar per tahun saat menangani Manchester United.

Paket Murah

Bisa jadi inilah salah satu alasan Presiden Real Madrid, Florentino Perez, lebih memilih Zidane ketimbang Mourinho.

Setidaknya, gaji Zidane mengalami peningkatan dibanding periode pertamanya menukangi El Real.Saat meninggalkan Madrid pada Agustus 2018, gaji Zidane berada di angka 7,5 juta euro (Rp 121 miliar).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: