Selasa, 05 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kematian Akibat Smartphone Sentuh Angka Tertinggi Selama 30 Tahun Terakhir

Posted: 05 Mar 2019 09:47 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hanya menyetir saja yang tidak diperbolehkan menggunakan smartphone, berjalan kaki pun bisa berbahaya jika kita sambil memainkannya.

Permasalahannya, penggunaan smartphone ketika berjalan kaki juga menaikkan angka kematian.

Menurut informasi yang dilansir dari The Wall Street Journal, pada 2018, angka kematian pejalan kaki naik hingga 6.227 kecelakaan.

Angka ini tertinggi dalam 30 tahun terakhir. Angka tersebut pun statistiknya menjadi yang tercepat jika dibandingkan dengan kecelakaan terkait lalu-lintas lainnya.

Sejak 2009, tahun di mana iOS dan Android diperkenalkan, dalam 8 tahun saja angka kecelakaan pejalan kaki naik hingga 45 persen.

Jadi, angka kematian akibat terlalu lalai dalam berjalan kaki kini sudah tak bisa diabaikan.

Menurut yayasan non-profit Governors Highway Safety Association, beberapa hal yang bisa diubah agar para pejalan kaki dapat lebih awas, seperti memperbaiki pencahayaan di tempat yang rawan kecelakaan, serta memberi sinyal merah tanda bahaya di penyeberangan jalan.

Namun, semua itu harusnya tak perlu dilakukan jika Anda berjalan tanpa melihat smartphone kamu dan lebih melihat lingkungan sekitar. 

Ini Efek Buruk Smartphone ke Otak dan Tubuh Anda

Simak 5 hal terbaik yang akan terjadi kalau kamu berhenti main media sosial. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Tidak diragukan lagi kalau smartphone merupakan gadget praktis yang mudah dibawa kemana-mana.

Selain mendapatkan fungsi mempermudah pekerjaan, terdapat suatu kebanggaan pula bila bisa memiliki smartphone jenis terbaru.

Gadget ini benar-benar telah mengubah gaya hidup manusia. Karenanya, kita sangat menikmati kebebasan dalam menjaga kedekatan kita dengan orang lain dimana pun.

 

Hal yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi pengguna smartphone. (Sumber Foto: Pexels)

Akan tetapi, seiring berkembangnya teknologi, kesehatan juga berpengaruh terhadapnya. Melansir dari Lifehack, Jumat (11/3/2016) berikut adalah fakta yang perlu Anda waspadai mengenai smartphone Anda.

Mempengaruhi kesehatan psikologis Anda:

1. Interaksi sosial Anda

Penggunaan smartphone dapat dengan efektif membunuh mood dan kenyamanan hati Anda, terutama jika Anda berada di dalam dalam percakapan grup. Hal tersebut bisa menyita perhatian Anda daripada lingkungan sekitar Anda.

Jelas hal ini mengurangi kemampuan kognitif dalam bersosialisasi dengan orang lain dan bisa membuat Anda jadi pribadi yang tertutup.

2. Menurunkan daya ingat

Smartphone merupakan salah satu alat untuk mengabadikan momen-momen berharga di dalam hidup Anda. Pada porsi yang sama, alat tersebut menurunkan daya ingat Anda.

Hal ini dikarenakan para pengguna smartphone terlalu menggantungkan kebutuhannya pada gadget sehingga tidak berusaha untuk melakukan segala sesuatunya sendiri. Termasuk mengingat sesuatu hal.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Darmin Dorong Penyelenggara Umrah Tarik Turis Arab ke Indonesia

Posted: 05 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, jumlah penduduk Indonesia terus bertambah setiap tahun untuk ibadah haji dan umrah ke Arab Saudi.

Dia pun meminta agar penyelenggara ibadah haji dan umrah nasional mampu menggaet kembali masyarakat Arab Saudi untuk berwisata ke Indonesia.  Langkah tersebut dilakukan untuk menyeimbangkan neraca dagang antara Indonesia dan Arab Saudi. 

"Jangan cuma mengkampanyekan orang untuk umrah atau haji, tapi juga undang orang Saudi ke Indonesia, sehingga neraca jangan pincang lah," ujar Menko Darmin di Bidakara, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Selain mengajak masyarakat Arab Saudi berwisata ke Indonesia, Darmin juga meminta, pelaku industri gesit untuk memanfaatkan peluang pasar oleh-oleh di Arab Saudi. Sebab, selama ini mayoritas oleh-oleh di Arab Saudi digarap oleh China. 

"Saya pernah ikut umrah dan ngobrol dengan kelompok umrah lain. Tas nya itu bagus-bagus, keren-keren tampilan dan warnanya. Ketika ditanya itu buatan mana disebut buatan China semua. Masa kita enggak bisa mengumpulkan energi dan dana membangun industri untuk itu," tutur dia.

Mantan Direktur Jenderal Pajak itupun berharap, bisnis layanan jasa penyelenggara haji dan umrah tidak hanya dijadikan bisnis untuk kepentingan pribadi, tapi harus mampu mengakomodir kepentingan nasional. Mengingat jamaah haji dan umrah Indonesia merupakan terbesar ke dua setelah Pakistan. 

"Jadi ya bisnis syariah itu untuk haji dan umrah dan lain-lain itu bukan hanya untuk kepentingan atau standarnya tidak hanya diukur untuk pengguna jasa haji dan umroh, tapi juga untuk kepentingan nasional. Sehingga tidak memperparah defisit kita terhadap China," kata dia.

 

Reporter: Anggun P.Situmorang

Sumber: Merdeka.com

Penerbangan Umrah Bakal Beralih ke Bandara Kertajati

Bandara Kertajati. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengalihkan penerbangan umrah dari Bandara Soekarno Hatta menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati.

Ini dilakukan mengingat aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno Hatta sudah semakin padat.

"Ada satu inisatif yang sudah saya sampaikan kepada Dirjen untuk penerbangan umroh dari Jakarta, tapi kartu tanda penduduknya dari Bandung, dari Jawa Barat, bagian timur, kita bisa seleksi dan mereka diwajibkan untuk tidak terbang di Jakarta tapi lewat BIJB," kata Budi dalam acara Riung Bareng BIJB, di Jakarta, Selasa 11 Desember 2018.

Budi mengakui, penerbangan dari Jakarta sudah semakin penuh. Dalam satu jam saja, kata dia, ada 81 penerbangan sehingga membuat para penumpang harus menunggu penerbangan. "Kita berusaha untuk memanage kapasitas agar berangkat dari BIJB," tutur dia.

Budi mengatakan, selama ini penerbangan umrah paling banyak justru terjadi di Jawa Barat. Dengan kapasitas hampir sekitar jutaan orang. Atas pertimbangan itulah, pihaknya menginginkan agar masyarakat yang berdomisili di sekitar Jawa Barat untuk memanfaatkan penerbangan melalui BIJB.

"Jadi ada suatu penerbangan terus kita sisir, di situ ada 10 (orang) dari Cirebon, Indramayu, Majalengka. Nah itu kita kumpulin, sehingga mereka berangkatnya tidak dari jauh ke Soetta, tetapi kertajati," kata dia.

Meski demikian, Budi mengakui rencana ini memang tidak semudah seperti yang dibicarakan. Sebab, kesiapan dari Bandara Kertajati juga perlu digalakkan kembali. Terutama menambah jumlah penerbangan untuk umrah.

"Ini masih exercise, teknisnya tidak segampang yang saya omongkan. Makanya kita dorong intensif ini bergerak, satu mengurangi tekanan di Jakarta, kedua membuat pasar baru, saya pikir potensial," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka sudah bisa melayani penerbangan umrah 2018. Jemaah dari berbagai daerah berangkat pada 13 Oktober 2018.

Tercatat, jemaah yang berangkat berasal dari Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning). Pihak bandara mengaku sudah menyiapkan segala sesuatu terkait layanan perdana ini.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Jenis Komunikasi Daring, Jarang yang Tahu Ini Penjelasan Macamnya

Posted: 05 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dengan berkembangan teknologi saat ini, maka untuk urusan komunikasi pun tak perlu lagi dibuat bingung. Saat ini pun banyak aplikasi yang menyediakan jasa komunikasi. Tentu saja hal ini bisa dengan mudah kamu dapatkan dengan menginstall aplikasi tersebut.

Jika kamu menggunakan aplikasi untuk menjalin sebuah komunikasi, maka ini disebut dengan komunikasi daring atau dalam jaringan. Hal ini dikarenakan cara berkomunikasi untuk menyampaikan ataupun menerika pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan internet. Menggunakan internet sebagai salah satu media berkomunikasi bukan lagi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Beberapa aplikasi yang sering digunakan komunikasi dalam jaringan ini antara lain WhatsApp, Skype, dan juga Line. Melakukan komunikasi dalam jaringan ini tentu saja bisa mempermudah kamu untuk menjalin komunikasi dengan orang lain, dimana saja dan juga kapan saja.

Ternyata terdapat dua jenis komunikasi daring, antara lain ialah komunikasi sinkron dan juga komunikasi asinkron. Biar kamu makin paham apa itu komunikasi daring dan juga jenis komunikasi daring, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019). Berikut ini pengertian dan juga jenis komunikasi daring yang perlu kamu ketahui.

Tipe komunikasi daring

(Sumber: iStockphoto)

Komunikasi daring sendiri memiliki makna tertentu bagi dunia komputer dan juga telekomunikasi. Daring juga bisa diartikan sebagai suatu keadaan komputer yang dapat saling bertukar informasi karena telah terhubung. Jenis komunikasi daring sendiri ada dua, yaitu komunikasi sinkron atau serampak dan komunikasi asinkron atau tidak serempak.

Jenis komunikasi daring yang pertama ialah komunikasi sinkron atau serempak. Komunikasi sinkron ialah komunikasi yang menggunakan komputer, smartphone ataupun alat bantu lainnya yang digunakan sebagai media perantaranya. Untuk komunikasi sinkron kedua orang yang ingin berkomunikasi tersebut memiliki waktu yang sama atau real time.

Sedangkan untuk jenis komunikasi daring lainnya ialah komunikasi asinkron atau tidak serempak. Jenis komunikasi ini tentu saja berbeda dari komunikasi sinkron. Namun perbedaan dari kedua jenis komunikasi ini ialah waktu yang dilakukan untuk berkomunikasi. Pasalnya pada jenis komunikasi asinkron ini dilakukan tidak pada waktu yang bersamaan.

Jenis komunikasi daring

(Sumber: iStockphoto)

Meskipun komunikasi daring terbagi menjadi dua tipe, akan tetapi masing-masing tipe ini pun memiliki jenis yang lainnya. Selain itu, masih ada pula beberapa jenis komunikasi daring yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa jenis komunikasi daring yang perlu kamu ketahui.

1. Komunikasi sinkron Video Call

Salah satu jenis komunikasi daring sinkron ialah video call. Seperti namanya, komunikasi jenis ini pun menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Sehingga kamu akan tetap mengetahui keadaan lawan bicaramu melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

2. Komunikasi sinkron chat

Jenis komunikasi sinkron ini tentu saja dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara. Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

3. Komunikasi sinkron call

Jenis komunikasi ini merupakan komunikasi yang bisa dilakukan dengan cara telepon. Jadi kamu bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi. Namun tak sedikit loh yang memiliki ketiga jenis komunikasi sinkron pada sebuah aplikasi.

4. Komunikasi asinkron video

Berbeda dengan jenis komunikasi sinkron video call, pada komunikasi asinkron video ini, kamu hanya bisa berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lwan bicara kamu.

5. Komunikasi asinkron chat

Meskipun jenis komunikasi ini dilakukan dengan menggunakan komputer ataupun smartphone dan juga jaringan internet, akan tetapi sifatnya sama dengan komunikasi asinkron video.

Kamu bisa berbagi pesan singkat menggunakan beberapa platform yang ada, akan tetapi komunikasi yang terjalin merupakan komunikasi tunda.

6. Komunikasi formal

Jenis komunikasi ini biasa dilakukan pada acara formal ataupun acara resmi. Tujuan dari komunikasi formal sendiri ialah untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan suatu kepentingan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk jenis komunikasi formal, diantaranya menggunakan surat perintah, video conference ataupun komunikasi saat dalam sebuah rapat.

7. Komunikasi non formal

Komunikasi ini bisa terjadi diluar acara resmi. Namun meskipun berada pada acara resmi, jenis komunikasi yang dilakukan ini bersifat pribadi atau hubungan dekat.

8. Komunikasi informal

Komunikasi ini tentu saja kebalikan dari komunikasi formal. Selain itu, jenis komunikasi ini memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Selain itu, pesan atau obrolan yang akan disampaikan pun tidak terencana.

9. Komunikasi kelompok

Seperti namanya, jenis komunikasi daring ini dilakukan secara berkelompok atau berregu. Jenis komunikasi ini biasa terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

10. Komunikasi jaringan kerja

Jenis komunikasi ini memiliki sifat pribadi. Karena tentu saja jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan. Selain itu, pada komunikasi jaringan kerja, biasanya sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi sendiri seperti email atau pun platform khusus.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Mula Arak-arakan Ogoh-Ogoh Jelang Hari Raya Nyepi

Posted: 05 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat Hindu di Tanah Air akan merayakan Hari Raya Nyepi pada Rabu, 7 Maret 2019. Berbagai upacara digelar untuk menyambutnya, termasuk mengarak ogoh-ogoh.

Ogoh-ogoh berbentuk boneka raksasa yang menakutkan merupakan manifestasi dari Bhutakala. Dalam ajaran Hindhu Dharma, Bhutakala merupakan kekuatan Bhu (alam semesta) dan Kala (waktu) yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Ogoh-ogoh sering pula digambarkan dalam wujud makhluk-makhluk yang hidup di mayapada, surga, dan neraka, seperti: naga, gajah, garuda, widyadari, bahkan dewa.

Biasanya ogoh-ogoh dibuat dari styrofoam, bambu, koran bekas, kain, cat, kawat besi, kayu, dan lainnya. Ogoh-ogoh kemudian diarak keliling kota dan desa pada perayaan Nyepi.

Sejak abad ke-7, ogoh-ogoh selalu ada setiap upacara dan menjadi salah satu bagian upacara adat dan hiburan yang sangat penting dan menarik dalam tradisi umat Hindu di Bali. Awalnya, Ogoh-ogoh hanya dipajang di pura atau tempat upacara keagamaan. Hal tersebut berbeda dengan saat ini, ogoh-ogoh diarak keliling kota, bahkan dilombakan.

Menurut Andy Putra Hartanto, Bedjo Riyanto, dan Elisabeth Christine Yuwono dalam Perancangan Buku Foto Tradisi Kesenian Ogoh-Ogoh di Pulau Dewata, desain Ogoh-ogoh yang semula mengikuti gaya tradisional yang mengambil wujud raksasa, kini sebagian mulai dibuat dengan menerapkan gaya desain yang lebih kontemporer.

Sebagai contoh, ogoh-ogoh yang dibuat menyerupai karakter kartun televisi, atau menyerupai tokoh-tokoh terkenal, atau dengan menggabungkan antara kedua gaya tersebut. Misalnya, membuat ogoh-ogoh dengan karakter Celuluk (salah satu tokoh jahat dalam kepercayaan Hindu Dharma) yang sedang menaiki sebuah motor sport modern.

Dari penelusuran Liputan6.com, sejak 1960-an, Ogoh-ogoh mulai diarak keliling kota dan Denpasar merupakan kota dimulainya parade ogoh-ogoh secara besar-besaran. Dari sana kemudian disusul di daerah lain, seperti Gianyar, Badung, Tabanan, Buleleng, Karangasem, Bangli, Klungkung, Jembaran.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semangat Pemain Manchester United Jelang Hadapi PSG

Posted: 05 Mar 2019 09:40 PM PST

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer menendang bola saat sesi latihan tim di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Pada leg pertama MU takluk atas PSG 2-0 di Old Trafford. (AP Photo/Michel Euler)

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer menendang bola saat sesi latihan tim di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Pada leg pertama MU takluk atas PSG 2-0 di Old Trafford. (AP Photo/Michel Euler)

Para pemain Manchester United saat sesi berlatih di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Manchester United akanmelawan PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. (AP Photo/Michel Euler)

Para pemain Manchester United saat sesi berlatih di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Manchester United akanmelawan PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. (AP Photo/Michel Euler)

Sejumlah pemain Manchester United saat mengikuti sesi latihan tim di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Pada leg pertama MU takluk atas PSG 2-0 di Old Trafford. (AP Photo/Michel Euler)

Sejumlah pemain Manchester United saat mengikuti sesi latihan tim di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Pada leg pertama MU takluk atas PSG 2-0 di Old Trafford. (AP Photo/Michel Euler)

Pemain Manchester United, James Garner, Mason Greenwood, Brandon Williams dan Tahith Chong tiba menghadiri latihan tim di stade St Princes des Princes di Paris, Prancis (5/3). (AP Photo/Michel Euler)

Pemain Manchester United, James Garner, Mason Greenwood, Brandon Williams dan Tahith Chong tiba menghadiri latihan tim di stade St Princes des Princes di Paris, Prancis (5/3). (AP Photo/Michel Euler)

Para pemain Manchester United melakukan pemanasan saat sesi latihan di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Manchester United akanmelawan PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. (AP Photo/Michel Euler)

Para pemain Manchester United melakukan pemanasan saat sesi latihan di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Manchester United akanmelawan PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. (AP Photo/Michel Euler)

Para pemain Manchester United melakukan pemanasan saat sesi latihan di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Manchester United akanmelawan PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. (AP Photo/Michel Euler)

Para pemain Manchester United melakukan pemanasan saat sesi latihan di stade des Princes stadion di Paris, Prancis (5/3). Manchester United akanmelawan PSG pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Parc des Princes. (AP Photo/Michel Euler)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tayang di Indonesia Hari Ini, Captain Marvel Sudah Banjir Pujian

Posted: 05 Mar 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Captain Marvel yang siap melengkapi kisah waralaba Marvel Cinematic Universe, tiba di bioskop Indonesia hari ini, Rabu (6/3/2019). Sebelum tayang di Tanah Air, film ini sudah mendapat skor dari para kritikus film dunia.

Melalui 126 ulasan yang dikumpulkan dalam situs Rotten Tomatoes, terlihat bahwa Captain Marvel sukses meraih skor 83 persen, per hari ini. Sebanyak 105 kritikus menilai film ini bagus, sisanya melontarkan kritik pedas.

Salah satu kritik yang ditujukan kepada Captain Marvel, datang dari Indiewire. Menurut kritikusnya, film ini sama sekali tidak memberikan inspirasi. Sementara itu, kritikus lain menilai film ini jauh dari kata progresif.

Sementara untuk pujiannya, para kritikus melayangkan dua jempolnya kepada akting Brie Larson. Penilaian positif terhadap Captain Marvel juga mencakup nuansa 1990-an yang sangat kental serta musiknya yang menyesuaikan masa itu.

Berlatih Keras

Captain Marvel (YouTube/ Marvel Entertainment)

Brie Larson tidak main-main dalam memerankan karakter Captain Marvel. Ia berlatih keras agar tampil meyakinkan sebagai sosok superhero tersebut.

Sebagai persiapan untuk memerankan Captain Marvel, aktris 29 tahun ini beberapa kali membagikan foto maupun video yang memperlihatkannya sedang menempa fisik. Mulai dari latihan beban hingga panjat dinding.

Red Carpet

Captain Marvel (Marvel)

Para pemain Captain Marvel baru saja menghadiri red carpet dalam gala premiere yang digelar di Hollywood, California, AS, Senin (4/3/2019) waktu setempat. Kehadiran aktris utamanya, Brie Larson, memberikan warna tersendiri pada momen satu ini.

Disampaikan USA Today, Selasa (5/3/2019), Brie Larson mengaku sukses dibuat menangis selama ia menonton Captain Marvel dalam gala premiere ini. Meskipun momen saat ia menangis tak terdokumentasikan, namun ia mengakuinya sendiri setelah film diputar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Resep Masakan Ikan Laut dan Air Tawar, Enak dan Sehat

Posted: 05 Mar 2019 09:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang senang berkreasi di dapur untuk menuangkan kreatifitasnya. Mereka yang hobi memasak tidak terbatas perempuan saja. Pasalnya, banyak koki pria yang sering muncul di layar kaca televisi. 

Berbicara mengenai memasak, salah satu menu makanan yang tak boleh dilewatkan adalah ikan. Entah itu ikan laut maupun ikan air tawar, keduanya memiliki cita rasa yang menggoda lidah. Sehingga tak heran resep masakan ikan sering dijadikan menu wajib di rumah makan maupun restoran.

Di balik kelezatan ikan, banyak pula tersimpan kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan memiliki kandungan gizi tinggi protein, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga bisa menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh. Bahkan, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung.

Resep masakan ikan khususnya ikan yang bersisik baik untuk kesehatan. Namun, ikan yang tidak bersisik bukan berarti tidak sehat untuk tubuh. Untuk itu, berikut Liputan6.com sajikan resep masakan ikan lengkap dengan bahan dan cara memasaknya, yang dilansir dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

1. Resep Pepes Ikan Rumahan Sederhana

Bahan

1. 1 kg ikan makarel atau ikan kembung

2. 8 butir bawang merah

3. 3 siung bawang putih

4. 5 butir kemiri

5. 10 buah cabai merah besar

6. 2 batang serai

7. 2 cm lengkuas

8. 1 sdm biji ketumbar

9. 1 sdm gula

10. 1 sdt gula

11. Daun pisang untuk membungkus 

Berikut cara membuatnya:

Proses semua bahan bumbu dengan blender atau bisa juga diulek biasa. Tambahkan air bila perlu. Setelah itu, baluri ikan dengan bumbu. Peram selama 15-30 menit. Lalu, bungkus dengan daun pisang. Selanjutnya, bakar atau panggang selama 20 menit hingga matang. Tapi jangan lupa dibalik, lho! Terakhir, nikmati pepes ikan bumbu rumahan dengan sepiring nasi hangat.

2. Resep Gulai Ikan Pindang Bumbu Merah

Bahan

1. 5 ekor ikan pindang ukuran sedang

2. 200 ml santan kelapa

3. 2 lembar daun jeruk

4. 1 lembar daun salam

5. 3 cm jahe (mermarkan)

6. 3 cm lengkuas (memarkan)

Bumbu Halus

1. 10 buah cabai merah besar (buang isi)

2. 1 buah tomat merah

3. 5 buah cabai rawit

4. 6 siung bawang merah

5. 3 siung bawang putih

6. 2 butir kemiri

7. 3 cm kunyit

8. Garam (secukupnya)

9. Gula (secukupnya)

10.  Penyedap masakan (secukupnya)

Berikut cara membuatnya:

Goreng ikan pindang yang telah dibersihkan hingga matang dan cukup kering lalu sisihkan sebentar. Kemudian panaskan minyak untuk menumis bumbu yang telah dihaluskan hingga harum. Setelah itu, tambahkan air secukupnya ke dalam bumbu dan aduk rata.

Masukkan daun jeruk, daun salam, jahe dan lengkuas, masak hingga mendidih. Masukkan ikan pindang ke dalam bumbu, aduk rata dan masak hingga mendidih. Terakhir, masukkan santan kelapa, masak hingga mendidih.

3. Resep Tumis Tongkol Kecap

Tongkol dan cakalang menjadi andalan nelayan Cilacap. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Bahan

1. Ikan Tongkol

2. 2 butir Bawang Merah

3. 2 siung Bawang Putih

4. 3 Cabai Rawit

5. Kemiri

6. Tomat

7. Jeruk Nipis

8. 2 sdm Kecap Manis

9. 1 sdt kecap asin

10. 1/4 sdt lada

11. 1/2 sdt saus tiram

12. Minyak sayur

13. 1/4 sdt Garam 

Berikut langkah-langkah membuatnya:

Bersihkan ikan tongkol yang sudah dipotong. Setelah bersih, lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis. Goreng setengah matang lalu sisihkan. Tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri hingga harum.

Kemudian masukkan ikan tongkol, aduk sebentar hingga rata. Terakhir, tambahkan kecap manis dan bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Angkat dan sajikan untuk menu makan keluarga Anda.

4. Resep Pecel Lele

lele goreng/copyright: shutterstock

Bahan

1.  7 ekor ikan Lele ukuran kecil

2.  Kemangi

3.  Bumbu Sambal

4.  3 cabai merah besar

5.  8 cabai rawit

6.  3 Siung Bawang putih

7.  5 Siung bawang merah

8.  4 cm gula merah

9.  1 sachet terasi Abc

10. 2 buah tomat

11. 1 1/2 sdt garam

12. 1 sdm Gula pasir

13. Bumbu ikan lele

14. 3 siung bawang putih

15. 2 sdt Ketumbar

16. 1 ruas Kunyit

17. 1 1/2 sdt garam

18.  Air Secukupnya

Berikut langkah-langkah membuatnya:

Bersihkan ikan lele dengan membuang kumis dan siripnya. Uleg bumbu ikan lele hingga halus, beri air secukupnya, lalu rendam ikan lele. Biarkan bumbu meresap. Kemudian, goreng lele yang tadi direndam.

Selanjutnya, tumis bumbu sambal untuk diuleg hingga halus. Jangan lupa untuk mencicipi rasanya terlebih dahulu. Jika kurang pas bisa ditambah garam atau gula. Pecel lele siap dihidangkan bersama nasi yg masih hangat.

5. Resep Masakan Ikan Gurame Bakar

Bahan

1. 1 kg Ikan Gurame (siangi)

2. 4 btr Jeruk Kunci (Nipis)

3. Secukupnya Garam

4. Secukupnya Kecap Manis

5. Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus :

1. 5 Siung Bawang Putih

2. 2 Ruas Kunyit

3. 1 Ruas Jahe

4. 3 btr Kemiri

5.  1/2 sdt Lada Bubuk

6. 1/2 sdt Ketumbar Bubuk

Berikut langkah-langkah membuatnya:

Marinasi Ikan Gurame dengan perasan air jeruk dan garam, lalu diamkan minimal 30 menit.

Setelah itu, goreng ikan gurame tersebut. Bumbu yang telah diulek lalu dicampur dengan kecap manis dan garam, kemudian aduk rata. Selanjutnya, tambahkan dengan 2 sendok makan minyak goreng panas bekas goreng ikan lalu aduk rata.

Oles Ikan Gurame dengan bumbu secara merata lalu ikan siap dibakar. Proses pembakaran tidak perlu lama karena ikan sudah digoreng sebelumnya.

Disarankan membakar di atas arang. Namun jika tidak memungkinkan, bisa juga dibakar menggunakan teflon. Setelah matang, sajikan Ikan Gurame Bakar di atas piring bersama sambal.

Nah, itulah 5 resep masakan ikan laut dan ikan air tawar yang bisa Anda jadikan inspirasi menu makanan untuk keluarga di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tergerus Longsor, Jalan Alternatif Bogor-Depok Terancam Putus

Posted: 05 Mar 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ruas jalan penghubung Mekarwangi, Kota Bogor-Cilebut, Kabupaten Bogor, terancam terputus. Hal itu disebabkan badan jalan yang tergerus longsor dan ambles. Akibatnya, separuh badan jalan tidak dapat difungsikan, sehingga arus lalu lintas dari kedua arah harus bergantian.

Jalan ambles berada di Kampung Situ Asem, Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Subarno (50) warga setempat menuturkan, amblesnya tanah di ruas jalan ini karena curah hujan tinggi dalam sepekan terakhir.

"Gorong-gorong besar yang ada di bawah jalan ini enggak bisa menampung debit air tinggi saat hujan. Tanah tergerus air dan ambles," kata Subarno, Rabu (6/3/2019).

Ruas jalan tersebut merupakan akses menuju Stasiun Cilebut dan biasa dilalui masyarakat untuk menuju Bojonggede, Citayam, hingga Depok maupun sebaliknya.

Karena longsor dikhawatirkan meluas, warga pun memasang garis pengaman. Bahkan, warga sempat menutup jalur itu tapi terpaksa dibuka kembali karena banyak pengendara yang tidak tahu penutupan itu, sehingga terjadi kemacetan panjang. Kini jalur tersebut hanya dapat dilintasi kendaraan secara bergantian.

"Ini jalan selalu padat kendaraan pengendara karena memang jalur alternatif ke Stasiun Cilebut sampai Depok," kata dia.

Tah hanya itu, longsor juga mengancam lima rumah warga di sekitarnya. Pondasi bangunan tersebut sebagian sudah ambles terbawa aliran Kali Baru yang bemuara ke Sungai Ciliwung ini.

"Kondisinya bisa dilihat bawahnya sudah kopong," ungkap Subarno.

Harus Segera Diperbaiki

Tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor sudah meninjau lokasi untuk melakukan pendataan. Subarno berharap agar pemerintah segera melakukan perbaikan.

"Semoga cepat diperbaiki, takut kondisinya semakin parah karena masih sering hujan sama banyak kendaraan lewat. Bisa-bisa jalan ini putus," ucapnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki Lakukan World Premiere di IIMS 2019?

Posted: 05 Mar 2019 09:31 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Setiap pameran otomotif besar, kurang rasanya jika tidak ada peluncuran mobil atau motor baru. Namun, di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, sepertinya bakal ada model baru yang diluncurkan, bahkan berstatus world premiere.

Tapi, seperti dijelaskan Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh, pihaknya masih enggan membeberkan secara detail merek dan model apa yang bakal world premiere di hajatan otomotif yang berlangsung 25 April sampai 5 Mei 2019 ini.

"Sebenarnya gatel banget pengen ngomong, ada yang sudah biasa ikut mereknya. Kalau mobil baru banyak, peluncuran world premiere, dan ini paling rahasia," jelas pria yang akrab disapa Kohen saat berbincang dengan wartawan, di bilangan Jakarta Selatan.

Jika dilihat dari apa yang dibelaskan Kohen, kemungkinan besar merek yang bakal melakukan peluncuran pertama di dunia ini adalah Suzuki. Namun, belum tahu model apa yang bakal diluncurkan pabrikan asal Jepang tersebut.

"Saya tanya ke APM kode S itu, iya memang akan ada. Tapi dia bilang tidak bisa dikasih tahu tipe dan lain-lainnya," tegasnya.

 

Selanjutnya

Sementara itu, sebelumnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memang berencana meluncurkan mobil baru. Model tersebut, adalah pengganti dari GX MT ESP dan GX AT ESP yang saat ini sudah tidak ada.

Kabar lain menyebutkan, Suzuki bakal meluncurkan pikap terbarunya, Carry.

"Kemarin banyak yang tanya ke saya. Ertiga udah ada improvement, tapi kenapa ESP dihapus. Bukan dihapus, kalian tinggal tunggu 20 hari lagi, akan ada yang baru. Dari 2 Maret kemarin, tunggu saja," kata Direktur Pemasaran PT SIS, Divisi Roda Empat, Donny Saputra.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tarik Investasi, BKPM Gelar 3 Acara Besar Pekan Depan

Posted: 05 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan menggelar tiga rangkaian kegiatan sekaligus pada 11-14 Maret 2019 di Internasional Convention and Exibition (ICE) BSD City, Tanggerang, Banten.

Ketiganya yaitu Regional Investmen Forum (RIF) 2019 pada tanggal 11 Maret, Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi 2019 pada 12 Maret, dan Koordinasi Pengawalan Investasi Memanfaatkan Aplikasi (Kopi Mantap) pada 13-14 Maret.

Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM Yuliot mengatakan, ketiga rangkaian tersebut dimaksudkan untuk dapat meningkatkan investasi sekaligus meningkatkan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat. Upaya ini juga sebagai langkah dalam menggenjot iklim investasi baik investor dalam maupun luar negeri.

"Rakornas Investasi sebagai kegiatan yang bertujuan untuk melakukan konsolidasi program dan kegiatan bersama aparatur penanaman modal baik di pusat dan di daerah, kemudian Kopi Mantap sebagai upaya untuk mengkoordinasikan pengawalan investasi di daerah dengan memanfaatkan teknologi Informasi, serta RIF bertujuan untuk menghomunikasikan berbagai kemajuan dan peluang investasi langsung kepada Investor," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor BKPM, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Yuliot mengatakan, acara ini juga rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dijadwalkan akan memberikan arahan dan meluncurkan Kopi Mantap pada kegiatan Rakornas Investasi pada tanggal 13 Maret 2019.

Adapun peserta kegiatan yang ditargetkan sebanyak 830 orang meliputi Kepala Daerah, baik Gubernur maupun Bupati/Walikota se-Indonesia, DPMPTSP Provinsi, Administrator KEK/KPBPB, serta perwakilan Kementerian/Lembaga.

Lebih lanjut Yuliot mengatakan, kegiatan Rakornas Investasi yang digelar BKPM merupakan kegiatan tahunan untuk mengkonsolidasikan seluruh program dan kegiatan antara Pemerintah Pusat dan Daerah dalam penyusunan kebijakan serta perencanaan, promosi, pelayanan dan pengendalan dan pelaksanaan penanaman modal.

Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan Rakornas tersebut Menteri Koordinator Bidang Politk Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteru Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan beberapa pembicara dari sektor swasta.

 

Libatkan Perusahaan Rintisan

Badan Kordinasi Penanaman Modal (BKPM). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara itu, Direktur Fasilitas Promosi Daerah BKPM, Indra Darmawan menambahkan, untuk kegiatan kegiatan RIF 2019 kali ini berbeda dengan penyelenggaraan RIF di tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini akan melibatkan para perusahaan rintisan (startup) digital.

"Untuk RIF ada 250 startup kita dorong. Kita fasilitasi apa yang diperlukan dari pemerintah regulasi yang perlu dikembangkan oleh startup," katanya.

Adapun Kegiatan RIF 2019 terdiri dari seminar nasional pada sesi pagi yang menghadirkan pemangku kepentingan meliputi pemerintah pusat dan daerah, asosiasi, serta pelaku usaha terkait, untuk membuka wawasan tentang pengaruh dan masa depan ekonomi digital di Indonesia.

Selanjutnya akan diselenggarakan beberapa kegiatan parallel yang terdiri dari Digital Startup Pitching session untuk memfasilitasi beberapa startup terpilih. Selain itu juga kegiatan One-on-One Meeting (03M) antara calon investor dan stakeholder terkait termasuk startup, dalam rangka membuka jalur komunikasi dengan Pemerintah.

Hadir sebagai pembicara pada seminar RIF 2019 dari kalangan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan BUMN yakni Menkominfo, Rudiantara, Kepala BKPM, Thomas Lembong, Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata, Dadang Ratman, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Sugeng, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Wakil GubernurJawa Timur, Emil Dardak, serta Vice President Media and Digital Wiseto Prasetyo Agung.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Terjun ke Politik, Livy Andriany Bermain FTV Lebih dari 40 Judul

Posted: 05 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Livy Andriany, mulai mencuat lantaran dirinya disangkutpautkan dengan kasus dugaan penggunaan narkoba oleh Andi Arief, yang memiliki jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jendral Demokrat. Namun, Livy membantah berada bersama Andi Arief saat penggrebekan dilakukan.

Seperti diketahui Livy Andriany, merupakan salah satu caleg DPR RI dari Partai Nasdem. Sebelum terjun ke politik, ia seorang selebritas.

Lebih dari 40 judul FTV yang sudah dimainkan oleh Livy Andriany. Wanita 29 tahun ini bermain FTV hingga 2017 lalu.

Selain itu, Livy Andriany juga bermain film berjudul Diaspora Cinta di Taipei, bersama Jonathan Frizzy, Jill Gladys, Afdhal Yusman dan lainnya, dikutip dari Wikipedia.

 

Model

Livy Andriany (Foto: Instagram)

Kecantikan yang dimiliki Livy Indriany, membuatnya bukan hanya mendapat kesempatan berakting di FTV saja. Ia juga sempat menjadi model untuk sejumlah videoklip.

Ia juga sempat menjadi bintang iklan untuk beberapa produk.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Juventus Sudah Jalin Kontak dengan Striker Real Madrid

Posted: 05 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Juventus berencana ingin memboyong penyerang Real Madrid, Marco Asensio, musim panas ini. Dan, kabarnya klub raksasa Serie A itu sudah melakukan kontak dengan manajemen Real Madrid.

Tuttosport mengklaim Juventus - yang sukses mendatangkan Cristiano Ronaldo musim panas lalu, sudah mulai melakukan pendekatan untuk Asensio.

Media di Italia melaporkan, Asensio yang berusia 23 tahun sebelumnya telah dikaitkan dengan kepindahan ke Inter Milan. Ini menyusul berbagai laporan yang menyebutkan pemain internasional Spanyol itu ingin pindah dari Real Madrid.

Asensio tidak turun sebagai pemain utama di laga El Clasico, Real Madrid melawan Barcelona. Ia kini sering duduk di bangku cadangan musim ini.

Situasi ini memicu spekulasi soal masa depan Asensio. Ia disebut-sebut bakal keluar dari Santiago Bernabeu.

Daftar Belanja

Gelandang Real Madrid, Marco Asensio, berusaha melewati gelandang CSKA Moskow, Ivan Oblyakov, pada laga Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Rabu (12/12). Madrid kalah 0-3 dari CSKA. (AFP/Javier Soriano)

Sebelumnya, Asensio disebut-sebut masuk dalam daftar belanja Inter Milan di tahun 2019. Pemilik Inter, Suning Grup, siap mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan Asensio.

Namun, agen Marco Asensio telah mengkonfirmasi bahwa kliennya tidak berniat meninggalkan Real Madrid.

Menurun

Pada musim lalu Asensio kerap muncul sebagai super sub bagi Real Madrid. Masuk sebagai pemain pengganti, striker berusia 23 tahun ini tak jarang menjadi penentu kemenangan El Real.

Menurunnya penampilan Asensio diduga lantaran pergerakannya mulai gampang dibaca lawan. Akibatnya, Asensio sering kesulitan saat harus berduel satu lawan satu dengan pemain bertahan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Beda Pandangan Politik, Wanita Aniaya Tetangga

Posted: 05 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Akibat berbeda pandangan politik, seorang wanita tega menganiaya tetangganya sendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dorong Produk Binaan BUMDes Langsung Ekspor, Kemendes PDTT Rangkul Alibaba Indonesia

Posted: 05 Mar 2019 09:26 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Dirjen PDT) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Samsul Widodo akan mendorong produk-produk yang dikoordinir dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk bisa langsung ekspor.

"Target tiap provinsi ada BUMDes yang bisa siap ekspor. Sehingga bisa menjadi tempat belajar dari BUMDes-BUMDes yang lain. Yang paling penting adalah membangun kesadaran kepada pemerintah daerah bahwa ekspor itu tidak susah, asal ada yang membimbing, salah satunya kerjasama dengan Alibaba ini," ujarnya saat memberikan arahan pada acara Seminar Nasional Shifting Indonesia Product To Win Global Market di Hotel Le Grandeur Jakarta pada Selasa (5/3).

Lanjutnya, Kemendes PDTT akan mempunyai program bagaimana membimbing pemerintah daerah untuk bagaimana desa-desa itu bisa langsung ekspor. Dia berharap peran BUMDes menjadi penting karena untuk konsolidasi produk supaya skala ekonominya bisa diterima.

Dalam mewujudkan hal tersebut, Kemendes PDTT bekerjasama dengan ATT, Alibaba Indonesia untuk ikut memfasililtasi mulai dari dokumen, suvervisi produk, kualitas, dan sistem pembayaran, termasuk logistik untuk pengangkutan dan hari ini forumnya, tim Alibaba dari China datang dan dipertemukan dengan pemerintah daerah. Saat ini ada sekitar 30 kabupaten, dan siapa yang siap duluan itu yang akan dipraktekan.

"Yang sudah jalan perikanan seperti kepiting, rajungan di Konawe dan di ekspor ke Hongkong. Kita sudah coba kepiting di Sulawesi Tengah dan berharap ada produk-produk lain seperti esensial oil avocado, tepung pisang, dan lain-lain. Kami coba untuk kelor. Ada minta tepung dan daun kering juga. Mereka sudah ekspor tapi kami coba fasilitasi supya pasarnya agak lebih luas," terangnya.

Dirinya menambahkan, kerjasama dengan Alibaba, produknya antara lain tepung pisang, esensial oil dari minyak sereh, cangkang kepala sawit, jagung. Alibaba bisa apa saja, mereka tidak tahu ada esensial oil dari alpukat. Setelah dilihat Timur Tengah banyak permintaannya. Menurutnya, ini baru awal jadi belum ada target nilai.

Kemendes PDTT bekerjasama dengan ATT, Alibaba Indonesia untuk ikut memfasililtasi keperluan ekspor bagi produk-produk binaan BUMDes.

"Tapi paling tidak, ada praktek dari BUMDes, buat mereka bisa ekspor dan itu tidak susah. Itu target utama yg kami lakukan, termasuk meyakinkan teman-teman di Pemerintah Daerah untuk ikut terlibat", tegasnya.

Menurutnya, walaupun belum menentukan BUMDesnya tapi pihaknya sudah punya daftar produk-produk tiap desa dari pusat data dan informasi Kemendes PDTT. Lokusnya daerah-daerah tertinggal tapi tidak menutup kemungkinan dari desa-desa dan lokus lain karena di forum ini ada dari ditjen lain yang bisa terlibat pilot project lain, supaya BUMDes terlibat dan langsung ekspor.

Dirinya menjelaskan bahwa peran pemerintah dalam hal ini Kemendes PDTT sebagai yang menciptakan ekosistem bagaimana memfasilitasi dan mempertemukan antara eksportir dan pemerintah daerah dan masyarakat. Tetapi kalau mereka ada beberapa hal yang dibutuhkan seperti pelatihan akan siapkan, bantuan alat-alat pasca panen juga disiapkan. Jadi artinya peran Ditjen PDT di bawah Kemendes PDTT memfasilitasi bahwa proses ini bisa terjadi.

"Saya optimis bisa tahun ini implementasi ekspor karena yang kepiting sudah siap. Harapannya pertengahan tahun ini sudah transaksi. Sudah dengan Alibaba," pungkasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat SKCK Online untuk Melamar Pekerjaan, Simak Syarat-Syaratnya

Posted: 05 Mar 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, tentu sangat familiar bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan. SKCK yang dulu lebih dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) merupakan surat yang diterbitkan Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Tentunya melalui Kepolisian Sektor (Polsek) atau Kepolisian Resor (Polres) setempat yang berisikan tentang catatan seseorang yang terdapat dalam data kepolisian.

SKCK sendiri hanya berlaku selama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan dan bisa diperpanjang jika memang diperlukan. Apabila sebelumnya kamu sudah pernah membuat SKCK untuk melamar pekerjaan, namun sudah kedaluwarsa atau habis masa berlakunya, maka kamu bisa mengurus perpanjangan SKCK.

Banyak yang berpikiran bahwa cara membuat SKCK itu ribet. Padahal cara membuat SKCK online sekarang sudah tersedia dan tentunya lebih mudah dan efisien. Berikut cara membuat SKCK online yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

Cara Membuat SKCK Online

Terkadang, ada orang yang tidak memiliki waktu cukup panjang untuk mengurus SKCK. Oleh karena itu Polri pun telah menyediakan layanan pembuatan SKCK secara online.

Cara membuat SKCK online pada dasarnya tidak jauh berbeda dari cara membuat SKCK secara offline. Yang membedakannya adalah semua dokumen haruslah di-scan terlebih dahulu. Berikut adalah cara membuat SKCK secara online:

1. Pastikan dahulu bahwa kamu sudah menyiapkan laptop atau komputer yang dilengkapi dengan koneksi stabil untuk membuat SKCK online.

2. Lalu scan dokumen yang diperlukan sebagai syarat membuat SKCK online. Berikut persyaratan dokumen yang harus dilengkapi :

A. Bagi kamu yang WNI atau warga negara Indonesia:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Fotokopi Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  • Fotokopi Akta Kelahiran/Surat Kenal Lahir/Ijazah TerakhirPas foto 4x6 berlatar/background merah sebanyak 6 lembar

B. Bagi kamu yang WNA atau Warga Negara Asing:

  • Fotokopi paspor
  • Surat sponsor dari perusahaan (Asli), bagi kamu yang bekerja
  • Fotokopi surat nikah, bagi kamu yang sudah menikah
  • Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (Kitas) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap)
  • Pas foto 4x6 berlatar/background kuning sebanyak 6 lembar

Cara Membuat SKCK Online

3. Akses alamat website pembuatan SKCK online sesuai dengan domisili atau tempat kamu tinggal, yakni:

  • skck.polri.go.id (Daerah Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Depok)
  • skck.poldajabar.org daftarskckbogor.com (Polda Jawa Barat)
  • skck.jateng.polri.go.id (Polda Jawa Tengah)
  • jatim.skck.online, polresbanyuwangi.com, sidoarjo.skck.online, resmalangkotaskck.com (Polda Jawa Timur)
  • bali.polri.go.id (Polda Bali)
  • skck.polrestapontianakkota.org (Polda Pontianak)
  • polresbalerang.com (Polres Balerang)
  • restapalembang.org (Polres Palembang)

4. Jika sudah berhasil mengakses website yang dimaksud, kamu akan masuk ke menu pengisian data pribadi. Upload pula foto yang disyaratkan di laman tersebut dan upload pula dokumen yang dibutuhkan dalam bentuk scan.

5. Kemudian isi data riwayat keluarga, riwayat pendidikan, dan riwayat pribadi. Ada pula pertanyaan tentang apakah kamu pernah terlibat pada kasus pidana atau tidak.

6. Kemudian ada pula pertanyaan tentang tujuanmu membuat SKCK. Cara membuat SKCK online ini harus diisi semua jawaban dengan jujur.

7. Ketika kamu sudah memeriksa kembali jawabanmu dengan benar, klik kirim data untuk diproses.

8. Setelah proses selesai, akan muncul kode registrasi yang nantinya harus kamu bawa untuk mengambil SKCK yang sudah jadi di kantor kepolisian.

Cara Membuat SKCK untuk CPNS

Selain digunakan untuk melamar pekerjaan swasta, proses CPNS juga meminta SKCK. Cara membuat SKCK online untuk PNS ini ada sedikit hal yang berbeda yakni ditambahkan fotokopi KTP sebanyak 2 lembar dan foto berwarna ukuran 4x6 dengan background merah sebanyak 4 lembar, selain persyaratan dokumen yang lainnya.

SKCK untuk CPNS juga memiliki waktu berlaku sama, hanya selama 6 bulan sejak dikeluarkan. Oleh karena itu pergunakan SKCK yang sudah ada dengan baik dan tidak melewati masa kedaluwarsanya.

Biaya Pembuatan SKCK Online

Pada dasarnya, biaya membuat SKCK online maupun offline sama saja. Sebelum diberlakukannya peraturan baru, biaya pembuatan SKCK adalah sebesar Rp 10.000. Namun sejak 6 Januari 2017 lalu, penerbitan SKCK naik menjadi Rp 30.000.

Biaya tersebut berlaku sama di seluruh Polres/Polsek di wilayah Indonesia. Jadi kamu tak perlu bingung lagi bertanya sana-sini mengenai nominal yang harus dikeluarkan ketika mengurus pembuatan SKCK online maupun offline.

Untuk pembayaran SKCK online, bisa melalui BRI mobile banking, atm BRI, edc BRI, bahkan dengan teller BRI. Ini bukan hanya berlaku untuk BRI saja, tapi kamu juga bisa melakukan pembayaran melalui bank lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wapres JK: Pemerintah Batasi Pengiriman Pembantu Rumah Tangga ke Luar Negeri

Posted: 05 Mar 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara Kongres Asosiasi Pendidikan Masyarakat Indonesia (APENMASI) di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).

Dalam sambutan JK mengatakan pemerintah saat ini berusaha membatasi pengiriman asisten rumah tangga. Hal tersebut untuk memperbaiki martabat bangsa.

"Kita selalu ingin membatasi, karena juga martabat bangsa, tidak lagi mengirim tenaga pembantu rumah tangga kerja di luar negeri," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (6/3).

JK menjelaskan, pemerintah saat ini memutuskan untuk mengutamakan program mutu Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan cara vokasi serta pendidikan skill di lapangan kerja.

"Karena itu dapat kita jelaskan bahwa Pendidikan kemasyarakatan ini dapat meningkatkan kemampuan, sehingga tak timbul diskriminasi akibat Pendidikan," kata JK.

Dia juga meminta agar para dosen untuk mendalami masalah. Dan akses untuk mencapai pendidikan, tidak hanya formal tetapi informal.

"Karena itu lah Pendidikan masyarakat sangat penting karena tingkat Kemiskinan kita masih ada 25 juta orang yang dikategorikan masuk ke kemiskina. Masih ada 6 persen pengangguran dalam negeri ini. Semua itu membutuhkan suatu skill. Karena itu lah pendidikan vokasi, kemasyarakatan, keahlian, dan pendidikan-pendidikan nonformal lain dibutuhkan," kata JK.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Pendidikan Hingga Tempat Terpencil

Wapres JK meminta kepada para Asosiasi Pendidikan Masyarakat Indonesia agar dapat terjun ke masyarakat untuk memberikan pendidikan di daerah terpencil. Sebab kata dia walaupun pemerintah memiliki program tetapi asosiasi juga perlu akses ke daerah-daerah untuk memberikan pendidikan untuk para guru.

"Yang paling penting dibutuhkan akses-akses pembelajaran yang baik untuk mereka semua. Itulah fungsi universitas, relawan-relawan kunci para guru-guru," kata JK.

Sehingga, kata JK bukan hanya perguruan tinggi tempat untuk mendidik. Tetapi asosisi juga berfungsi untuk mendidik guru di daerah.

"Ilmu berkembang. Kalau guru-guru di desa tak diajarkan ilmu terus menerus, maka ilmunya akan stagnan. Jika stagnan ilmunya, maka muridnya juga stagnan. Jika muridnya stagnan, maka lowongan kerjanya juga stagnan. Karena itulah begitu banyak Langkah-langkah," ungkap JK.

"Saya yakin saudara-saudara semua yang memiliki keahlian, kemampuan, dan kesempatan untuk bekerja di daerah-daerah, bisa memberikan manfaat yang besar bagi kita semuanya. Itulah harapan saya," kata JK.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentuh Level Decacorn, Grab Ucapkan Terima kasih

Posted: 05 Mar 2019 09:22 PM PST

 

Liputan6.com, Jakarta Usai istilah uncicorn menjadi perbincangan, kini istilah decacorn yang menjadi buah bibir. Unicorn bukan berbicara mengenai hewan mitologi kuda yang bercula. Namun, istilah berarti bahwa perusahaan sekelas unicorn mempunyai valuasi USD 1 miliar.

Beda hal dengan istilah decacorn. Hal itu berarti sebutan perusahaan startup yang memiliki valuasi 10 kali lipat dari unicorn.

Lebih besarnya dari unicorn, mengartikan bahwa decacorn merupakan perusahaan rintisan yang memiliki nilai valuasi 10 milliar dollar AS atau setara Rp 144 triliun.

Di Indonesia, startup yang berlevel tersebut adalah Grab. Perusahaan jasa transportasi online itu mampu menyentuh level decaorn.

Dalam pencapaian sebagai decacorn, mengucapkan rasa terima kasih kepada pihak yangmendukung jasa transportasi online itu sampai pada titik decacorn.

Dilansir situs ww.grab.com, startup itu mengatakan bahwa Grab, everyday SuperAppadalah Decacorn pertama di Asia Tenggara. Pencapaian ini tak terlepas karena kamu semua para pengguna setia Grab, mitra pengemudi, serta rekan merchant Grab.

Sebagai rasa terima kasih kami, nikmati Diskon #LEVELDECACORN hingga 70% untuk semua layanan Grab, berlaku di seluruh Indonesia dari 28 Februari-14 Maret 2019 selama promo tersedia setiap harinya.

Untuk diketahui, saat ini Grab sudah tersebar di 222 provinsi di Indonesia dari Sabang sampai Merakue. Grab melayani di Asia Tenggara.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Beratnya Augie Fantinus Berada di Penjara

Posted: 05 Mar 2019 09:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Augie Fantinus, dinyatakan bersalah atas kasus pencemaran nama baik dan melanggar UU ITE, pada sidang lanjutan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019). Ia divonis lima bulan penjara oleh hakim.

Kabar tersebut disambut gembira oleh Augie Fantinus. Lantaran tak lama lagi ia bakal keluar penjara, dan berkumpul dengan keluarganya.

Selama menjalani proses sidang, Augie Fantinus sudah menghabiskan waktu di penjara selama empat bulan, artinya masa tahanan yang harus dijalani tersisa satu bulan lagi.

"Campur aduk deh (perasaan), pokoknya minggu depan gue pulang. Kalian tahu dari awal kan gue udah pengin kumpul sama keluarga. Gue udah empat bulan kagak tidur sama istri, tidur barengan maksudnya, jadi ya seneng banget," ujar Augie Fantinus, ditemui usai sidang.

 

Berat

(Nurwahyunan/bintang.com)

Augie Fantinus menceritakan beratnya menjalani hari-hari di dalam penjara. Untunglah, ia selalu mendapat dukungan dan doa dari orang-orang terdekatnya.

"Aduh ini terima kasih banget, doa dari keluarga, dari istri, dari anak. Kemarin Diana baru cerita, 'Semalem Enzo sama aku baru doa nih, semoga papi cepet pulang'. Terus doa dari keluarga di Bandung, dari Kak Aldo, Kak Geri yang selalu dateng ke sini, dari kuasa hukum yang selalu menemani gue, tahu gimana sedihnya dan keselnya gue di dalem. Jadi, berat di dalem itu berat, karena gue sebagai kepala rumah tangga enggak bisa cari nafkah di dalem. Gue tahu rezeki dan berkat dari Tuhan semua, diserahin, ya gue bersyukurlah. Terima kasih doanya semuanya," sambung Augie.

 

Ingin Punya Anak Lagi

(Wardrobe: @leafofficialstore, Make up and hair do: @indahapsari.mua, Fotografer: Galih W Satria/Bintang.com, Stylist: Indah Wulansari/Bintang.com, DI: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com)​

Setelah resmi bebas nanti, ada satu hal yang bakal segera dilakukan oleh Augie Fantinus. Meski tak menyebutkan secara langsung, namun ia mengindikasikan bakal memberikan adik untuk anak semata wayangnya, Enzo.

Terlebih lagi, Ia memang sudah cukup lama tak bertemu dengan sang istri.

"Udah pasti, udah pasti, kamu mau tau aja ih. Enggak semuanya harus gue ceritain di sini kan? Gila empat bulan loh, Enzo tuh mau punya adik," pungkas komedian sekaligus pemain basket ini. (Sahal Fadhli/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Singapura Halimah Yacob Jenguk Ani Yudhoyono

Posted: 05 Mar 2019 09:18 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Presiden Singapura, Halimah Yacob beserta suaminya Mohamed Abdullah Alhabshee menjenguk Ani Yudhoyono di Rumah Sakit National University, Singapura.

Ibu Halimah datang pada pukul 12.00 waktu setempat, Rabu, (6/3/2019). Presiden Singapura dan rombongan diterima oleh Susilo Bambang Yudhoyono yang didampingi oleh Dubes RI di Singapura Bapak Ngurah Swajaya.

Pemimpin Singapura dan suaminya itu juga berkesempatan untuk menyapa dan memberikan doa kepada Ibu Ani Yudhoyono.

Setelah itu, Presiden Singapura dan SBY sempat berbincang-bincang sebelum meninggalkan NUH pada Pukul 12.30.

 

Kanker Darah

Oleh dokter di Singapura, Ibu Ani divonis mengidap kanker darah. Sejak itulah, Ibu Ani menjalani perawatan di National University Hospital.

Lewat video, SBY sempat menjelaskan kondisi Ibu Ani saat ini. "Saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawat yang intensif di National University Hospital Singapura," kata SBY dalam sebuah video yang diambil dari Singapura, dikutip merdeka.com, Rabu, 13 Februari 2019.

Sejumlah tokoh Tanah Air sudah membesuk Ibu Ani. Termasuk Perdana Menteri Singapura. Semua mendoakan kesembuhan untuk ibu dari Ibas dan AHY ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Transaksi Saham Multistrada Capai Rp 7 Triliun di Pasar Negosiasi

Posted: 05 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Jelang penutupan sesi pertama perdagangan saham, Rabu (6/3/2019), transaksi saham mencapai Rp 10,7 triliun. Hal itu lantaran adanya transaksi saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) yang cukup besar di pasar negosiasi.

Berdasarkan data RTI jelang sesi pertama, transaksi saham MASA mencapai Rp 7 triliun di pasar negosiasi. Saham MASA naik 2,18 persen ke posisi Rp 843 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 29 kali. Volume perdagangan sekitar 83194179.

Di pasar reguler, saham MASA menguat 1,26 persen ke posisi 805 per saham. Saham MASA sempat capai level tertinggi 805 dan terendah 790 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 744 kali dengan nilai transaksi Rp 7 triliun.

Transaksi saham Multistrada Arah Sarana tersebut difasilitasi oleh PT Trimegah Sekuritas yang transaksi perdagangan capai Rp 6,9 triliun, kemudian ada PT Buana Capital Sekuritas mencapai Rp 4,1 triliun, PT Net Sekuritas sebesar Rp 2,2 triliun, dan PT BNC Sekuritas Indonesia mencapai Rp 1 triliun.

Sementara itu, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak variasi pada sesi pertama perdagangan saham. IHSG naik 8,8 poin atau 0,15 persen ke posisi 6.450. Indeks saham LQ45 menanjak 0,09 persen ke posisi 1.009,23. Sebagian besar indeks saham acuan menguat.

Sebanyak 186 saham menguat sehingga angkat IHSG. Sedangkan 173 saham melemah dan 123 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham 222.461 kali dengan volume perdagangan 15,8 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 10,8 triliun.

Investor asing beli saham Rp 4,1 triliun di seluruh pasar. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.149.

 

Transaksi Saham MASA Capai Rp 1,5 Triliun pada Perdagangan Kemarin

Layar monitor pergerakan saham di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (2/1). Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada pembukaan perdagangan saham 2019 menguat 10,4 poin atau 0,16% ke 6.204. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, transaksi harian saham capai Rp 9,4 triliun pada perdagangan Selasa 5 Maret 2019. Transaksi itu didorong adanya transaksi saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) di pasar negosiasi yang capai Rp 1,5 triliun.

Mengutip data RTI, saham MASA naik tiga persen ke posisi 825 per saham di pasar negosiasi. Total frekuensi perdagangan saham sebanyak empat kali. Nilai transaksi sahamnya Rp 1,5 triliun. Volume perdagangan saham tercatat 1,8 miliar saham.

Kemungkinan transaksi saham MASA di pasar nego itu difasilitasi oleh PT Net Sekuritas sekitar Rp 1,5 triliun dan PT Trimegah Sekuritas sekitar Rp 1,4 triliun.

Di pasar regular, saham MASA ditransaksikan naik 0,63 persen ke posisi Rp 795 per saham. Harga saham MASA sempat berada di level tertinggi 800 dan terendah 770 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 731 kali dengan nilai transaksi Rp 1,5 triliun. Volume perdagangan saham 1,81 miliar saham.

Saham Multistrada Arah Saranamenguat itu terjadi di tengah laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang melemah 0,73 persen ke posisi 6.441,28. Total nilai transaksi harian saham Rp 9,4 triliun.

Adanya transaksi tersebut kemungkinan terkait akuisisi saham MASA oleh Michelin. Perusahaan asal Prancis itu akan akuisisi 80 persen saham MASA senilai USD 439 juta atau Rp 6,22 triliun.

80 persen saham itu setara 7.346.357.556 saham perseroan termasuk saham-saham yang dimiliki pengendali perseroan Pieter Tanuri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata-Kata Anniversary Pernikahan Ini Bikin Kamu dan Pasangan Makin Romantis

Posted: 05 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Merayakan anniversary atau hari jadi memang sudah bukan hal baru lagi. Mulai dari perayaan hari jadi pacaran sampai pernikahan. Biasanya para kekasih atau suami istri akan saling bertukar kado atau juga mengungkapkan kebahagiaannya lewat ucapan dan postingan di media sosial.

Anniversary juga sering dijadikan parameter seberapa jauh hubungan kamu dengan pasangan sudah terjalin. Di sana juga ada harapan serta doa agar hubungan bisa awet dan langgeng. Buat kamu yang ingin merayakan anniversary dengan kekasih, kurang afdol rasanya tanpa memberikan kata-kata anniversary untuk pasangan kamu.

Nah, kali ini Liputan6.com, Rabu (6/3/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tentang kata-kata anniversary pernikahan yang bisa kamu jadikan referensi untuk dikasih ke pasangan kamu. kata-kata anniversary ini bisa buat kamu dan pasangan menjadi makin romantis dan langgeng.

Kata-kata Anniversary Pernikahan Romantis

Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Banyak kata-kata anniversary pernikahan romantic yang ada di kanal online atau buku-buku yang dijual bisa dijadikan referensi untuk perayaan kamu dengan pasangan. Namun kali ini ada beberapa potong kata-kata anniversary yang bisa kamu gunakan untuk merayaakan hari anniversary.

1. Kau adalah satu-satunya orang yang ingin ku lihat dan dekap di sisa akhir hidupku. Terima kasih telah menjadi teman spesial terbaikku. Happy Anniversary cintaku.

2. Tak akan pernah ada yang tahu betapa indahnya kebersamaan kita. Dan taka da satupun orang di dunia ini yang bisa mengertikanku seperti dirimu. Aku mencintaimu. Happy Anniversay sayang.

3. Kau telah membuatku menjadi orang yang lebih baik karena cintamu. Terima kasih telah selalu ada untukku. Happy Anniversary sayang.

4. Aku akan selalu mencintaimu bahkan saat ku mulai menua dan memutih rambutku. Happy Anniversary.

5. Jika diibaratkan internet, engkau adalah Google. Karena engkau punya segala jawaban yang aku cari. Selamat ulang tahun jadian.

6. Aku mencintaimu sampai aku mati, jika setelah mati ada kehidupan lain lagi, maka aku akan mencintaimu lagi.

7. Setiap hari anniversary tiba, aku selalu menengok ke 12 bulan yang lalu, dan aku tersadar bahwa aku memiliki 12 bulan yang baik yang dilewati denganmu.

8. Tak ada satupun bingkai foto di dunia ini yang cukup besar untuk memuat begitu banyak kenangan kita. Happy Anniversary.

9. Di antara sekian juta pertanyaan tak terpecahkan tentang alasan kenapa manusia tetap hidup. Aku menemukan jawaban versiku sendiri, kamulah alasannya. Happy Anniversary.

10. Kau bukan hanya sekedar separuh terbaikku. Kau adalah separuh dari kebahagianku yang membuat hidupku lebih baik dari yang terbaik. Happy Anniversary.

11. Mencintaimu, masih tetap mencintaimu. Dan akan selalu begitu, selamanya. Happy Anniversay.

12. Waktu serasa berhenti semenjak hari kita menikah. Aku terjebak dalam keindahan, senyuman dan cinta abadi bersamamu. Happy Anniversary.

Kata-kata Anniversary Pernikahan Islami

Ilustrasi./Copyright pexels.com/@padli

Tak berbeda jauh dengan kata-kata anniversary di atas. kata-kata anniversary pernikahan islami ini juga tak kalah romantisnya. Bisa kamu coba saat perayaan hari anniversary, ya.

1. Setiap hari bersamamu adalah sebuah anugerah, namun ada satu hari yang lebih indah yakni hari ulangtahun pernikahan kita. Happy Anniversary. Semoga kita selalu bersama hingga jannah.

2. Selamat hari ulang tahun pernikahan sayang. Sungguh Allah telah menyayangiku dengan mempertemukan seorang imam dan guru terbaik dalam mengajarkan kesabaran. Engkau adalah mujahid yang paling indah dan tak pernah ku lepas. Akan aku ikat erat dirimu dengan ketakwaan dan cinta yang tulus dari hati ini, selamanya.

3. Telah genap satu tahun kita menjalani bahtera rumah tangga. Semoga Allah selalu menjaga keluarga ini dalam balutan rasa cinta dan bahagia.

4. Sebagai seorang muslim, pernikahan itu selalu dianjurkan bagi yang mampu, untuk mendapat ketenangan hati. Semoga dengan ulang tahun pernikahan tahun ini, Tuhan selalu bersama dan menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

5. Di ulang tahun pernikahan ini, ridhoi semua usaha kami, penuhi kami dengan amal saleh, jauhkan kami dari kejelekan yang tampak, dan teguhkan kami dengan pasangan kami.

6. Jadikanlah keluarga kami untuk saling melengkapi, saling mengajarkan tentang akhlak dan keikhlasan, saling bisa menjaga diri saat berjauhan dan saling memahami.

7. Ini adalah hari yang istimewa dimana Allah telah mempersatukan kita dengan ikatan yang indah. Happy Anniversary sayangku, aku sungguh bahagia memilikimu dan anak-anak kita.

 

Kata-kata Anniversary Lucu

ilustrasi pernikahan/copyright Unsplash/Toa Heftiba

Kalau kamu tak ingin yang terlalu serius-serius banget untuk mengucapkan hari jadi, kamu bisa menggunakan kata-kata anniversary lucu ini. Tak kalah romantisnya, kata-kata anniversary lucu ini bakal bikin pasangan mu senang.

1. Wafer dan cokelat memang sangat manis, namun tak semanis senyummu. Selamat hari jadi wahai adindaku.

2. Cintaku padamu sama seperti metabolisme dalam tubuh. Jika berhenti maka aku akan mati. Happy anniversary.

3. Bagaimana bumi tak lagi berputar dan matahari terbit dari barat, maka aku akan tetap baik-baik saja selama engkau masih mencintaiku. Happy Anniversary.

4. Cintaku padamu seperti air sungai yang tak pernah kosong, sama dengan cintaku padamu yang selalu mengalir dan tidak akan pernah berhenti. Semoga hubungan kita selalu awet dan langgeng.

5. Cintaku tidak seperti martabak atau terang bulan yang ada di pinggir jalan. Karena cinta aku ke akmu dijamin tanpa pengawet dan pemanis buatan. Selamat hari jadi sayangku.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Maudy Ayunda Nyanyi di Atas Perahu Saat Semarakkan Peluncuran Vivo V15

Posted: 05 Mar 2019 09:10 PM PST

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku baru pertama kali juga bernyanyi di perahu yang bergerak. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku baru pertama kali juga bernyanyi di perahu yang bergerak. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Perahu dayung tersebut menjadi panggung kecil bagi Maudy. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Perahu dayung tersebut menjadi panggung kecil bagi Maudy. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku senang bisa merasakan keunikan saat bernyanyi di atas perahu.(Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku senang bisa merasakan keunikan saat bernyanyi di atas perahu.(Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy membawakan lagu Perahu Kertas di atas perahu yang bergerak. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy membawakan lagu Perahu Kertas di atas perahu yang bergerak. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku baru pertama kali juga bernyanyi di perahu yang bergerak. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku baru pertama kali juga bernyanyi di perahu yang bergerak. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Perahu dayung tersebut menjadi panggung kecil bagi Maudy. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Perahu dayung tersebut menjadi panggung kecil bagi Maudy. (Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku senang bisa merasakan keunikan saat bernyanyi di atas perahu.(Fimela.com/Bambang E Ros)

Maudy Ayunda menyanyi di atas perahu saat tampil dalam Grand Launch Vivo V15 Go Up di Taman Air Mancur Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (5/3). Maudy mengaku senang bisa merasakan keunikan saat bernyanyi di atas perahu.(Fimela.com/Bambang E Ros)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Minta Menteri BUMN Salurkan Pembiayaan Mekaar ke Pasar Mama Papua

Posted: 05 Mar 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menyalurkan, pembiayaan Membina EKonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) untuk pedagang di Pasar Mama-Mama Papua.

Ini disampaikan Jokowi saat bertemu perempuan arus bawah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/3/2019). 

Semula Jokowi berdialog dengan Doliyana, aktivis perempuan asal Jayapura, Papua yang fokus memperjuangkan nasib perempuan. Doliyana menyampaikan keluhan kepada Jokowi soal sulitnya pedagang perempuan Papua mendapatkan modal untuk mengembangkan usaha.  

"Di sini ada Menteri BUMN. Bu menteri, kirim itu PNM, program Mekaar ke pasar Mama-Mama. Ini perintah bu, biar cepat. Besok pasti langsung ke sana," kata Jokowi. 

Jokowi mengatakan, dirinya sudah empat kali meninjau Pasar Mama-Mama Papua. Saat itu, proses revitalisasi Pasar Mama-Mama masih berjalan. Menurut Jokowi, Pasar Mama-Mama sekarang jauh lebih bagus daripada sebelumnya. 

"Pada seneng dapat pasar?" Jokowi bertanya kepada Doliyana. 

"Iya pak. Fasilitas layak, lebih besar, tidak kena hujan dan panas. Tidak gelar karung lagi di jalan," jawab Doliyana.

"Sekarang pasar ada meja bersih, teratur," timpal Jokowi.

Tak hanya berbicara soal pasar, Doliyana juga menyampaikan permintaan pengadaan rumah aman untuk korban kekerasan perempuan di Papua. Doliyana ingin pemerintah membangun rumah aman tersebut di dua titik, yakni Kota Jayapura dan Manokwari. 

Menanggapi permintaan Doliyana, Jokowi memastikan akan segera membangun rumah aman untuk korban kekerasan perempuan. Menurut Jokowi, membangun rumah tersebut bukan pekerjaan sulit. 

"Berarti di Papua dan Papua Barat. Oke, gampang itu," kata Jokowi.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Di Depan Perempuan Arus Bawah, Jokowi Cerita Perjuangan Ibunda

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersilaturahmi dengan Perempuan Arus Bawah Bersama Memperkuat Bangsa di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersilaturahmi dengan Perempuan Arus Bawah di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/3/2019). Tema silaturahmi ini adalah Bersama Memperkuat Bangsa.

Di awal sambutan, Jokowi menceritakan pengalaman hidupnya dan perjuangan seorang ibu. Jokowi mengaku sejak kecil hidup di bantaran sungai, bahkan rumahnya sempat digusur.

Kala itu, lanjut Jokowi, sang ayah dan ibu bekerja sebagai penjual kayu.

"Tahun '70-an rumah saya digusur. Breeekk tidak diberi ganti rugi saat itu. Bingung cari rumah. Kami pernah empat kali ngontrak, pindah rumah, saya rasakan betul betapa perjuangan seorang ibu dalam mengayomi, mendidik anak begitu beratnya," jelas Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku merasakan betul betapa sulitnya seorang ibu membantu sang ayah mencari nafkah untuk membesarkan anak-anaknya. Apalagi saat itu Jokowi memiliki tiga saudara, yakni Iit Sriyantini, Ida Yati dan Titik Relawati

"Saya rasakan betul. Terutama dari sisi ekonomi," imbuhnya.

Berangkat dari pengalaman tersebut, kata Jokowi pemerintah Jokowi-Jusuf Kalla menjalankan sejumlah program yang berpihak kepada kaum ibu sehingga bisa menopang peningkatan kesejahteraan dan ekonomi keluarga. Misalnya program pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dan Membina EKonomi Keluarga Sejahtera (MEKAAR).

Jokowi mencatat, program UMi telah melibatkan 1.000.000 debitur. Sementara program MEKAAR sudah menggandeng 4.200.000 nasabah. 99 Persen peserta program UMi dan MEKAAR adalah ibu rumah tangga.

"Saya sering bertemu mereka (ibu-ibu) dan seneng ada ibu-ibu yang sebelumnya jualan gorengan, setelah dapat pinjaman Rp 2 juta bisa tambahan jualan bakso, yang dulu jual bakso bisa jual nasi uduk. Sehingga ekonomi keluarga terdukung," kata Jokowi.

Jokowi berharap, ke depan ibu-ibu bisa terus meningkatkan kesejahteraan keluarganya meskipun perjuangan di lapangan cukup berat. Tak hanya berjuang di sektor ekonomi, Jokowi berharap ibu-ibu membuat terobosan di sektor lingkungan dan hukum.

"Saya percaya peran sentral perempuan dalam mendidik anak-anak kita dan menopang ekonomi keluarga," pungkasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Guru di Iran Gelar Aksi Mogok Nasional, Tuntut Dua Hal Ini

Posted: 05 Mar 2019 09:02 PM PST

Liputan6.com, Teheran - Sejumlah guru di Iran melakukan unjuk rasa damai di seluruh negara, pada Senin hingga Selasa, 4-5 Maret 2019. Aksi kolektif itu adalah keempat kalinya sejak Oktober 2018 lalu.

Para pendidik menuntut dua hal dalam aksi mogok nasional itu, yakni kondisi kerja yang lebih baik serta pembebasan aktivis-aktivis pendidikan yang ditahan oleh pemerintah.

Hal itu mengingat profesi guru di iran mendapatkan gaji yang rendah dari pemerintah. Hal itu berpengaruh terhadap kesejahteraan mereka, khusunya dalam membeli kebutuhan pokok.

Pada hari berlangsungnya demonstrasi, ratusan foto dipasang di sebuah akun telegram https://t.me/kasenfi oleh Coordinating Council of Teachers Syndicates in Iran (CCTSI) atau Dewan Koordinasi Sindikasi Guru di Iran.

Dalam foto-foto tersebut terlihat para guru melakukan aksi duduk dan memegang berbagai poster, sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia pada Selasa (5/3/2019).

Dalam poster yang dibawa oleh massa aksi, tertulis slogan yang merepresentasikan tuntutan mereka.

Adapun demonstrasi direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, hingga Selasa 5 Maret 2019 waktu setempat. Hingga berita ini terbit, belum terdapat konfirmasi apakah aksi hari terakhir berhasil dilaksanakan.

CCTSI mengatakan foto-foto pemogokan para guru itu datang dari kota-kota seperti Teheran, Karaj di bagian utara, Ardabil – Marivan – Sanandaj dan Saggez di bagian barat laut, Shiraz di barat daya, dan Isfahan dan Yazd di bagian tengah.

Payung organisasi para guru di Iran itu mempromosikan foto-foto itu dengan menggunakan bahasa Parsi dan tagar #nationwide_teachers_sit-in.

Tagar yang dimaksud telah digunakan ribuan kali oleh para pengguna media sosial, yang juga membagi foto-foto itu melalui Twitter dan Instagram.

 

Simak pula video pilihan berikut:

 

Juga Terjadi Protes Kelangkaan Air

Demonstrasi di Iran yang berawal pada Kamis, 28 Desember 2017. Demo dilaporkan terjadi berlarut-larut dan menyebar ke beberapa kota (AFP)

Sejak tahun lalu, demonstrasi memang sering terjadi di Iran yang menuntut berbagai hal berbeda. Pada Juli 2018 lalu, 

Ratusan warga di Kota Khorramshahr, barat daya Iran menggelar demonstrasi untuk memprotes kekurangan pasokan air sejak Jumat, 29 Juni 2018.

Demonstrasi itu berujung bentrok dengan aparat. Akibatnya, pada Sabtu 30 Juni waktu setempat, beberapa pengunjuk rasa dilaporkan tewas.

Jumlah korban tewas beragam. BBC Persia, pada Minggu 1 Juli 2018, melaporkan satu orang tewas. Sementara The Times of Israel menyebut bahwa korban tewas mencapai empat orang.

The Times of Israel juga melaporkan bahwa aparat Iran diketahui melepas tembakan berpeluru tajam ke arah demonstran.

Kendati demikian, belum ada keterangan resmi yang mampu mengonfirmasi total korban tewas maupun kabar soal tindakan represif aparat.

Unjuk rasa itu adalah protes kelangkaan air terbesar yang pernah terjadi di Iran tahun ini. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Dalam sebuah video dari penduduk Khorramshahr yang diverifikasi oleh VOA Persia, tampak massa dalam jumlah besar berunjuk rasa di jalan-jalan kota itu pada Jumat 29 Juni 2018 lalu.

Khorramshahr berada di Provinsi Khuzestan dan bersebelahan dengan Sungai Karun yang membentuk perbatasan dengan Irak. Wilayah itu banyak dihuni oleh warga Iran keturunan Arab.

Kawasan itu menderita kelangkaan air minum selama berbulan-bulan, sebagian besar disebabkan akibat cuaca kering.

Penduduk yang berbicara dengan VOA Persia mengatakan, mereka juga menyalahkan pemerintah yang salah mengatur pasokan air hingga mengakibatkan kelangkaan. Mereka juga mengungkapkan kecurigaan bahwa pemerintah mengalihkan pasokan itu ke Irak dan Kuwait.

Sebelumnya bulan ini, beberapa penduduk Kota Khorramshahr mematahkan saluran pipa dan merekam sebuah pipa yang mengalirkan air bersih ke perbatasan Irak. Pengungkapan kasus itu membuat marah penduduk setempat.

Kantor berita Fars milik pemerintah Iran melaporkan protes di Khorramshahr ini, katanya, sekitar 300 orang berdemonstrasi memprotes muatan garam dalam air yang dipasok pemerintah kota.

Seorang penduduk Khorramshahr mengatakan kepada VOA Persia, air yang dipasok pemerintahan kota sangat tercemar hingga penduduk tidak bisa memurnikannya dengan penyaring di rumah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP Kampanyekan Jokowi-Ma'ruf Amin di Aceh untuk Tangkal Hoaks

Posted: 05 Mar 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PDIP menggelar Safari Kebangsaan X di Aceh guna mengkampanyekan paslon 01, Jokowi-Ma'ruf Amin. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Ekonomi, Lukmanul Hakim turut hadir untuk menjalankan tugas khusus dari calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin.

Yaitu, untuk menangkal hoaks dan fitnah yang khususnya ditujukan pada Paslon 01.

"Kita berharap dalam Pemilu Presiden 2019 ini bisa dilangsungkan tanpa adanya hoaks dan fitnah. Jadi kita ingin meluruskan itu di Aceh karena bangsa Aceh adalah bangsa yang religius dan cinta kepada agamanya, maka kita juga akan menyampaikan sebetulnya yang terjadi seperti apa," ujar Lukmanul di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (6/3/2019).

Lukmanul menegaskan, ia juga akan meminta para ulama dan kiai di Aceh untuk mengklarifikasi hoaks. Pihaknya pun sudah mengidentifikasi hoaks apa saja yang harus diklarifikasi.

Selain itu, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ia akan bertemu para ulama di Aceh guna merencanakan target peraihan suara di sana.

"Bagi Koalisi Indonesia Kerja (KIK) kami membangun kerjasama dengan partai lokal Aceh. Semangat itu yang kami bawa. Dari sinilah kami berdialog bersama-sama dan menentukan target," tukasnya.

Tes Baca Alquran

Lukmanul menambahkan, ia juga akan melakukan dialog terkait permintaan masyarakat Aceh akan tes baca alquran untuk kedua paslon.

"Karena masyarakat Aceh kan meminta calonnya untuk bisa membaca alquran. Itu juga akan kita lanjutkan diskusi itu bagaimana permintaan itu bisa terpenuhi," tutur Lukmanul.

"Ya tapi itu kan tergantung dari paslonnya, ya. Kalau dari Jokowi dan Kyai Ma'ruf Amin sebenarnya siap," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Suzuki Jimny Terbaru Tak Kunjung Hadir di Indonesia

Posted: 05 Mar 2019 09:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Indonesia membeberkan alasan mengapa generasi terbaru Suzuki Jimny tak kunjung hadir di Tanah Air. Padahal mobil ikonik yang sempat dipajang di GIIAS tahun lalu tersebut sudah banyak yang ingin meminangnya.

Usut punya usut, Agen Pemegang Merek (APM) meminta untuk melakukan produksi lokal. Bukan impor mobil dari Jepang.

Sebab kalau harus ambil, kuota unit sangat terbatas. Seperti generasi Jimny lawas, yang cuma dijajakan 88 unit saja di GIIAS 2017.

"Kami belum dapat lampu hijau dari prinsipal (Suzuki Jepang). Karena pasar dunia juga sedang tinggi. Di sana inden Jimny sangat lama. Dan sampai hari ini, kami belum dapat informasi. Tentu kami sudah minta dan membeberkan animo masyarakat. Tapi mereka belum kasih jawaban. Jadi kalau ditanya estimasi harga, ya belum bisa. Banderolnya belum dihitung karena belum dapat izin dari sana," terang Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, di sela acara kinerja tahunan Suzuki.

Menurutnya, banyak pertimbangan prinsipal untuk memberikan izin pada SIS. Termasuk soal investasi pabrik. Suzuki Indonesia juga belum bisa memastikan kapan unit bisa segera mendarat di pasar lokal. Itu semua bergantung pada Suzuki Motor Corporation (SMC)

Sekadar menyegarkan ingatan kembali. Suzuki sempat memamerkan Jimny di ajang GIIAS 2018. Beberapa unit sontak mengundang perhatian pengunjung.

Semua mata tertuju padanya. Tes pasar yang dilakukan Suzuki, disampaikan pada SMC. Animonya sangat bagus. Ia juga memiliki sejarah yang panjang di Indonesia. Tak sedikit yang ingin meminang, dengan berapapun harga yang ditawarkan kelak.

"Beberapa tahun lalu, Jimny lama yang bulat dijual Rp 285 juta. Harusnya secara logika, harga Jimny barubisa lebih. Karena mesinnya juga berbeda. Kapasitas mesin sekarang 1,5 liter. Yang lama hanya 1,3 liter. Kalau pun masuk pasti harganya bisa di atas itu. Ya jujur saja, kami sangat berminat pada Jimny," imbuhnya.

 

Selanjutnya

Di negara asalnya, Jimny generasi anyar diniagakan dalam dua varian. Yang pertama tipe standar yang masuk dalam kategori mobil murah alias kei car.

Ia menggendong mesin bensin 658 cc turbo 3-silinder. Sedangkan model kedua, Jimnya Sierra memakai mesin 1,5 liter berkode K15B. Mesin sama yang dipasangkan pada Ertiga.

Jimny Sierra 1.5L inilah yang kabarnya bakal dijual di Indonesia. Tenaga yang terlontar 102 Hp dan torsi 130 Nm. Daya mesin disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Di pasar global, SUV mini mendapatkan fitur all wheel drive sebagai fitur standar. Sementara pada fitur keamanan, generasi keempat ini dibekali dengan enam airbag, ISOFIX (perlindungan untuk anak), AEB, pengingat sabuk keselamatan dan lane assist system.

Sumber: Oto.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kreatifnya Kebangetan, 7 Tips Manfaatkan Barang ala Anak Kos

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Menjadi anak kos tentu bukanlah hal yang mudah. Tak hanya harus jauh dari keluarga, anak kos juga dituntut untuk mandiri. Ya, hal ini lantaran banyak hal harus dikerjakan sendiri mulai dari melakukan pekerjaan rumah hingga memasak.

Anak kos juga harus bisa beradaptasi dengan berbagai hal dan masalah yang terjadi. Namun tekanan hidup yang dijalani membuat anak kos terkenal akan kreativitasnya yang sangat tinggi.

Hal ini bisa dilihat dari mereka yang kerap memanfaatkan berbagai benda menjadi lebih berfaedah. Mungkin saja hal-hal tersebut tak pernah terpikirkan oleh orang lain, namun bagi anak kos benda biasa bisa menjadi lebih berguna loh.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut deretan tips memanfaatkan barang ala anak kos yang kreatif abis.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sama orang biasa kardus dibuang tapi di tangan anak kos bisa dipakai jadi lemari

ide anak kos lucu (foto: brilio)

Cara praktis masak ala anak kos

ide anak kos lucu (foto: brilio)

Shower low budget

ide anak kos lucu (foto: 1cak)

Buat yang nggak punya mangkok di kosan cara ini bisa dicoba

ide anak kos lucu (foto: 1cak)

Sapu bisa multifungsi jadi gantungan baju

ide anak kos lucu (foto: 1cak)

Pengharum lantai sekaligus pengharum ruangan

ide anak kos lucu (foto: brilio)

Tak ada cooling pad, kipas angin pun jadi

ide anak kos lucu (foto: 1cak)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rantang Berkah, Jatah Makanan Bergizi untuk Lansia Sebatang Kara di Purbalingga

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Purbalingga - Pemerintah telah menggelontorkan berbagai program perlindungan sosial untuk masyarakat tak mampu. Ada bantuan pangan, kesehatan, hingga pendidikan.

Namanya bantuan, tentu tak bisa mencukupi seluruh kebutuhan. Masyarakat mesti tetap bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarganya. Pendek kata, masyarakat tak bisa menumpukan seluruh kebutuhan hidupnya pada bantuan.

Namun, tak dipungkiri, ada pula sebagian masyarakat yang memang benar-benar papa. Contohnya, lansia miskin yang hidup sebatang kara. Bukan lantaran tak mau bekerja, tetapi mereka tak lagi berdaya digerogoti usia senja.

 

Perlindungan sosial bagi kaum lansia sebatang kara ini lah yang kini menjadi perhatian pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Mulai Maret 2019 ini, mereka meluncurkan program bantuan sosial yang disebut sebagai Rantang Berkah.

Rantang berkah adalah program mengirimkan makanan ke lansia yang tinggal seorang diri. Pemerintah hendak memastikan, para lansia ini mendapat asupan nutrisi yang cukup, tiap hari.

Mulai 1 Maret 2019 lalu, secara bertahap, program perlindungan sosial di Purbalingga ini digulirkan. Salah satunya di Kecamatan Bukateja Kabupaten Purbalingga.

"Launching Rantang Berkah di tiap kecamatan, 4 Maret Program Rantang Berkah ini dilaunching di tingkat kabupaten," kata Sekretaris Kecamatan Bukateja, Sisngadi, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (5/3/2019).

 

Menu Rantang Berkah

Petugas menyiapkan makanan dalam program rantang berkah Purbalingga. (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Di Bukateja, ada tujuh desa yang menjadi sasaran program rantang berkah. Tujuh desa tersebut yakni Desa Tidu, Desa Kembangan, Desa Wirasaba, Desa Majasari, Desa Bukateja, Desa Kedungjati, dan Desa Kutawis.

"Yang terbanyak itu Desa Tidu ada lima orang penerima Rantang Berkah, jadi total semua ada 24 lansia di satu kecamatan yang menerima program ini," ucap dia.

Meski tak bisa mengklaim sebagai program orisinal alias yang pertama di Indonesia, apa yang dilakukan di Purbalingga, Jawa Tengah ini bisa ditiru oleh daerah lainnya. Program serupa juga digulirkan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

"Kalau di Banyuwangi itu namanya program rantang kasih, kalau kita rantang berkah," ujarnya.

Menurut Sisngadi, program rantang berkah mendasar ke Pasal 34 ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebutkan bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara.

Menu akan diatur oleh tim teknis dari masing-masing kecamatan dan Puskesmas. Menu yang diberikan ini pun tidak sembarang karena sudah diatur oleh ahli gizi dengan satu rantang berisi dua paket makan yakni untuk makan pagi dan makan siang.

"Rumah makannya juga yang representatif, karena sasarannya ini kan kita ingin menjaga kualitas menu dan kesehatan lansia, jangan sampai lansia ini malah nantinya kekurangan gizi," ujarnya.

Makanan itu terdiri dari bahan karbohidrat, protein dan juga vitamin yang didapat dari buah-buahan. Tiap hari, menu berubah tanpa mengurangi nilai nutrisi agar para lansia tak bosan.

 

Pemeriksaan Kesehatan Rutin untuk Lansia

Menu rantang berkah Purbalingga diatur oleh ahli gizi. (Foto: Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Dia menerangkan, program rantang berkah ini akan diberikan setiap hari selama 10 bulan mulai dari 1 Maret hingga 31 Desember 2019 dan diluncurkan pada 4 Maret 2019 di tingkat Kabupaten Purbalingga.

Program ini setidaknya dapat membantu meringankan beban para lansia yang hidup seorang diri. Sebabnya, mereka terkadang hanya mengandalkan kecukupan kebutuhannya kepada keluarga atau tetangganya.

"Ya paling tidak untuk mengurangi beban dari keluarga atau tetangga yang selama ini menampung semoga bisa meringakan beban mereka," dia menambahkan.

Program Rantang Berkah ini pun disambut baik oleh Pemerintah Desa. Dengan program ini, para lansia akan sangat terbantu. Terlebih, sasarannya adalah lansia sebatang kara dan tak memiliki sanak saudara.

"Alhamdulillah, ini kami satu desa mendapatkan jatah untuk tiga orang, kami mengharapkan bisa lebih ditingkatkan untuk penerima rantang berkah ini," ucap Kepala Desa Bukateja, Sadiman.

Sadiman menilai, menu rantang berkah sudah sangat layak dikonsumsi dengan gizi yang sudah diatur oleh ahli gizi. Asunpan nutrisi yang cukup diharapkan bisa membuat lansia sehat.

Ia bahkan mengusulkan agar pemerintah juga menggulirkan program lain di luar makanan. Misalnya, pemeriksaan kesehatan rutin untuk para lansia sebatang kara.

"Jadi bukan Rantang Berkah saja mungkin pemeriksaan kesehatan secara berkala didatangi pemantauan dari kesehatan," ucap Sadiman, berharap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Situs Tempat Kamu Bisa Belajar Coding Secara Gratis

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan berkembangnya zaman, perkembangan dunia digital juga semakin pesat. Hal ini mendukung kamu untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih baik.

Salah satu ilmu yang bisa kamu dapat adalah coding, yang bisa sangat bermanfaat untuk kamu ke depannya dan bisa membuka peluang merintis karier baru.

Mau belajar coding secara gratis? Kamu bisa kunjungi beberapa situs berikut ini, seperti yang dikutip dari Swara Tunaiku.

1. CodeAcademy

Situs pertama yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding secara gratis adalah CodeAcademy. Situs yang satu ini adalah situs paling populer untuk belajar coding secara gratis karena materinya yang lengkap.

Kamu bisa belajar mulai dari HTML & CSS, JavaScript, Jquery, PHP, dan lainnya. Situs ini terpercaya pula karena sudah diakses 24 juta pengguna.

2. Coursera

Situs lain yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding gratis adalah Coursera, yang menawarkan setidaknya 1.000 program untuk kamu pilih.

Kamu bisa belajar spesialisasi coding di sini secara gratis dan kamu juga bisa dapat sertifikat setelah belajar. Namun, untuk dapat sertifikat tersebut, kamu harus menggunakan program yang berbayar.

3. EdX

Ilustrasi coding, pemrograman, programmer, programming. Kredit: Pexels via Pixabay

Situs lain yang bisa kamu kunjungi untuk bisa belajar coding secara gratis adalah EdX. Situs yang satu ini didirikan pertama kali oleh Universitas Harvard dan MIT pada tahun 2012 lalu.

Di situs ini, kamu bisa mempelajari ilmu coding secara gratis dan semuanya terangkum dalam Introduction to Computer Science yang disediakan oleh Universitas Harvard.

4. Udemy

Selanjutnya ada situs Udemy yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan dan skill di bidang coding. Situs yang satu ini pertama kali didirikan pada tahun 2010 dan menyediakan berbagai macam kursus baik yang gratis maupun berbayar untuk belajar coding.

Bahkan, di sini kamu juga bisa belajar pemprograman untuk pengusaha, seperti HTML dan CSS atau Pengantar Pemprograman Python. Program tersebut disediakan secara gratis dan diajarkan melalui video.

5. GitHub

Ilustrasi coding

Situs selanjutnya yang bisa kamu kunjungi untuk belajar coding secara gratis adalah GitHub yang menyediakan berbagai buku berisi ilmu tentang coding.

Di situs ini, kamu bisa menemukan 500 buku yang berisi hal tentang pemprograman. Buku-buku tersebut bisa kamu akses ke dalam 80 bahasa pemprograman yang berbeda. Terlebih lagi, situs ini terus memperbaharui koleksinya sehingga kamu akan terus bisa mendapatkan hal baru juga.

6. CodeAvengers

Situs yang satu ini menyediakan pembelajaran coding secara gratis dengan bahasa Inggris, Rusia, Spanyol, Belanda, Italia, Turki, dan Portugis.

Untuk bisa belajar coding di sini, kamu tak butuh waktu yang lama, cukup dengan 12 jam saja, kamu sudah bisa menyelesaikan semua. Kamu bisa belajar coding permainan, aplikasi, situs web, dan lainnya.

7. Khan Academy

Ilustrasi Programming, Coding, Progammer, Coder. Kredit: Picjumbo via Freepik

Terakhir adalah Khan Academy. Situs yang satu ini juga menyediakan tutorial belajar coding secara gratis berupa video step by step. Dalam video tersebut, kamu bisa belajar bagaimana caranya memprogram gambar, animasi, hingga permainan.

Namun, pelajaran tersebut dikhususkan untuk yang menggunakan JavaScript dan Processing.js saja. Pada situs yang telah didirikan sejak tahun 2006 lalu ini, kamu juga bisa membuat halaman web dengan menggunakan HTML dan CSS, lo!

Jadi, kini belajar coding tak perlu lagi susah-susah. Kamu bisa mengaksesnya lewat berbagai situs gratis di atas. Kalau kamu mau yang berbayar, juga banyak, kok!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kylie Jenner Jadi Miliarder Paling Muda di Dunia

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan peringkat Forbes, Kylie Jenner telah secara resmi dinobatkan sabagai miliarder paling muda di dunia. Dilansir dari People, Rabu (6/3/2019), pada Juli 2018, perempuan 21 tahun ini, lewat bisnisnya, Kylie Cosmetics, sempat diprediksi akan menggeser bos Facebook, Mark Zuckerberg, sebagai miliarder paling muda di dunia.

"Aku benar-benar tidak menyangka. Tapi, ini terasa sangat menyenangkan," katanya seperti dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019). Pada 2018, keuntungan bisnis kosmetik Kylie tercatat naik sembilan persen, yakni mencapai angka 360 juta dolar Amerika dengan keseluruhan nilai brand setara 900 juta dolar Amerika.

Kylie adalah pemilik tunggal Kylie Cosmetics yang rilis pertama kali pada 2015 dengan tiga Lip Kits. Tak hanya dari brand kosmetik, pendapatan Kylie juga diperoleh dari endorsement beberapa produk, termasuk clothing line milik Kendall dan Kylie, juga kerja sama dengan Adidas.

Secara keseluruhan, kredit dari keberhasilan ibu anak satu ini tertuju pada akun media sosialnya, di mana Kylie Jenner memiliki lebih dari 128 juta followers di Instagram. "Ini adalah kekuatan media sosial!" tuturnya menegaskan. 

Tak sampai di situ, Kylie juga masuk dalam daftar lima selebriti terkaya di dunia pada 2018, juga versi Forbes. Bintang reality show Keeping Up with The Kardashian ini berada di posisi lima bersama Jay-Z.

Kekayaan mereka sama-sama tercatat mencapai 900 juta dolar, berada di bawah George Lucas (5,4 miliar dolar Amerika), Steven Spielberg (3,7 miliar dolar Amerika), Oprah (2,8 miliar dolar Amerika), dan Michael Jordan (1,7 miliar dolar Amerika).

"Orangtuaku selalu mengatakan, aku harus mencari uang sendiri. Ini sudah saatnya belajar bagaimana menyimpan dan mengeluarkan uangku sendiri. Hal-hal seperti itu," cerita Kylie.

Setelah dinobatkan sebagai miliarder paling muda, Kylie Jenner mengatakan, tidak akan ada yang berubah secara spesifik. "Aku tidak memandang dari seberapa banyak (uang) yang kumiliki. Sejujurnya, aku bahkan tak memikirkannya saat bangun tidur," tutup Kylie.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajax Depak Real Madrid dari Liga Champions, Carvajal: Ini Musim yang Buruk

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Dani Carvajal tidak bisa menyembunyikan rasa kecewanya setelah Real Madrid kalah 1-4 dari Ajax Amsterdam di leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Rabu dini hari WIB (6/3/2019). Hasil ini sekaligus membuat Los Blancos harus tersingkir dengan agregat 2-5. 

Setelah di leg pertama menang 2-1, Real Madrid sebenarnya hanya butuh hasil imbang saat tampil di Santiago Bernabeu. Namun tim tamu justru tampil kesetanan dan menyarangkan empat gol lewat Hakim Ziyech (7'), David Neres (18'), Dusan Tadic (62'), dan Lasse Schone (72'). Sementara gol hiburan Madrid dicetak oleh Marco Asensio pada menit ke-70.

Carvajal tampil sejak menit pertama pada pertandingan ini. Namun dia tidak bisa berbuat banyak dan harus rela melihat timnya gagal melaju ke perempatfinal Liga Champions. 

"Malam yang buruk. Ya, itu kesimpulannya. Saya tidak pernah merasa seburuk ini. Sulit untuk mengungkapkannya dengan kata-kata," kata Dani Carvajal seperti dilansir AS.

Kekalahan atas Ajax melengkapi pekan suram Real Madrid. Sebelumnya, Madrid juga harus menyerah dari Barcelona di Bernabeu sebanyak dua kali, saat Copa del Rey dan La Liga. 

"Dalam sepekan ini, kami keluar dari persaingan di setiap pertempuran. Dan hari ini tidak ada alasan. Mereka lebih baik dari kami dan berhak untuk melaju," kata Carvajal. 

 

Bukan karena El Clasico

Penyerang Real Madrid Karim Benzema membawa bola usai pemain Ajak Amsterdam mencetak gol pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Selasa (5/3). Ajax membantai Madrid 4-1.  (AP Photo/Manu Fernandez)

Carvajal menambahkan, dua kekalahan yang dialami saat menjamu Barcelona sebenarnya tidak mempengaruhi permainan Real Madrid saat bertemu Ajax Amsterdam. Namun dua kesalahan yang dilakukan di awal pertandingan membuat mental para pemain runtuh. 

"Tidak pernah mudah ketika Anda mengalami dua kekalahan beruntun di kandang, tapi kami tetap fokus dan berambisi merebut kemenangan. Namun dua kesalahan membuat kami tertinggal 0-2 dan gol ketiga telah membunuh kami," kata pemain berusia 27 tahun itu. 

 

 

Fokus ke La Liga

Bek Real Madrid, Dani Carvajal, mengakui jika Ajax Amsterdam layak lolos ke perempat final Liga Champions musim ini. (AFP/GABRIEL BOUYS)

Selain harus tersingkir dari Liga Champions, Real Madrid juga telah lebih dulu kehilangan kesempatan mengangkat trofi Copa del Rey. Peluang untuk mengamankan gelar La Liga juga tipis mengingat Los Blancos kini masih berada di urutan ketiga dengan 48 poin atau tertinggal 12 poin dari pemuncak klasemen Barcelona yang telah mengemas 60 poin. 

Namun bagi Carvajal, ini bukan akhir segalanya. "Kami punya pemain-pemain muda yang berambisi untuk tampil lebih baik. Sudah jelas kalau musim kami sudah berakhir. Kami akan bekerja keras di liga, sebab itu kewajiban kami," kata eks pemain Bayer Leverkusen itu. 

"Kami profesional dan terus berjuang, tapi kami tidak bisa keluar dari fakta bahwa ini adalah musim yang buruk," kata Carvajal menambahkan. 

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Captain Marvel, Ini 4 Manfaat Pelihara Kucing

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pecinta film-film Marvel Production pastinya tak sabar untuk menonton Captain Marvel, yang dirilis pada Rabu, 6 Maret 2019, hari ini.

Jauh-jauh hari sebelum film ini benar-benar rilis, sudah banyak tulisan yang mengulas mengenai proses di balik layar pembuatan Captain Marvel tersebut.

Termasuk, soal Brie Larson yang harus susah payah menghilangkan fobia terhadap kucing. Pecinta Marvel tentunya sudah tahu bahwa Captain Marvel memiliki seekor kucing bernama Goose.

Berbicara mengenai kucing, banyak manfaat yang akan didapat oleh mereka yang memiliki hobi seperti karakter Captain Marvel.

 

 

Suka kucing seperti Captain Marvel

Aktris Brie Larson berpose di karpet merah saat menghadiri pemutaran perdana film

Melansir dari situs Purina, jika kita menghabiskan sedikitnya 30 menit untuk bermain bersama kucing, bermanfaat untuk menenangkan saraf dan suasana hati.

Selain itu, produksi serotonin (hormon berfungsi meningkatkan perasaan) akan naik, dan kadar kortisol (hormon stres yang dapat mengakibatkan penyakit jantung) menurun.

Sebuah penelitian yang dilakukan Prof Adnan Qureshi, dari Universitas Minnesota, ditemukan bahwa manusia yang memelihara kucing memiliki peluang kecil untuk terkena stroke atau serangan jantung, bahkan jika mereka merokok, memiliki kadar kolesterol tinggi, atau penyakit seperti diabetes.

"Mungkin memiliki kucing dapat mengurangi stres dan anxiety. Dan hal inilah yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung." ucap Qureshi, melansir dari Telegraph.

 

Manfaat memelihara kucing kayak Captain Marvel

Aktris Brie Larson berjalan di karpet merah saat menghadiri pemutaran perdana film

Selain menjadi manfaat kesehatan bagi jantung dan perasaan Anda, FutureMedica menjabarkan beberapa manfaat lain dalam memelihara kucing:

1. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kucing dapat mengetahui jika kita sedang sakit dan akan datang untuk menemani dan memberikan kenyamanan.

2. Menurunkan kolesterol

Penelitian tahun 2006 di Kanada menunjukkan bahwa kucing lebih efektif menurunkan kolesterol dibandingkan obat biasa.

3. Bermanfaat bagi penyandang disabilitas mental 

Kucing berperan penting dalam terapi untuk anak-anak penyandang disabilitas mental (kesulitan berinteraksi atau bersosialisasi).

4. Mengurangi rasa kesepian

Bersahabat dengan kucing dapat membantu mereka yang kesepian untuk merasakan persahabatan.

Penulis : Dara Elisabeth

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hakim Tolak Permohonan Tahanan Kota Ratna Sarumpaet

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak permohonan tahanan kota yang disampaikan Ratna Sarumpaet.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perankan Nyi Roro Kidul, Talitha Curtis Winn Bermimpi Aneh di Pangandaran

Posted: 05 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Talitha Curtis Winn mendapat tantangan baru dalam berakting, yakni memerankan sosok ikonis penguasa Pantai Laut Selatan Nyi Roro Kidul. Dirinya mengaku senang bisa memerankan tokoh legendaris tersebut dalam sebuah sinetron yang tayang di satu stasiun televisi swasta. 

Meski senang telah dipercaya membawakan karakter Nyi Roro Kidul, tak dipungkiri ia juga deg-degan.

"Seneng sekaligus deg-degan. Aku enggak pernah meranin karakter seperti ini. Jadi ratu dari segala ratu, itu kan berat yah. Termasuk tantangan juga, campur aduk lah," ucapnya usai penayangan perdana di kawasan Jakarta Barat, Senin (5/3/2019).

Yang menarik, Talitha mengalami hal ganjil saat melakukan proses syuting sinetron Nyo Roro Kidul di Pangandaran.

 

Mimpi Aneh

Talitha Curtis Winn

Gadis kelahiran 2002 tersebut ternyata pernah mengalami mimpi aneh di lokasi syuting.

"Ketika aku syuting di Pangandaran, aku tidur, aku mimpi tapi kayak bukan mimpi. Jadi aku ngeliat aku tidur, dan aku keluar dari penginapan itu, ke pantai dan semuanya berubah jadi warna hijau. Dari air, pasir, karang, manusia, semua berubah jadi warna hijau," ungkapnya.

Bau Melati

Hal ganjil ini berlanjut saat ia terbangun. "Ketika aku bangun, aku langsung nyium bau melati dan itu kenceng banget. Sampai aku nanya sama mamaku tapi dia enggak nyium sama sekali," ujarnya lagi. (Ayu Srikhandi/ Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekaman Detik-Detik Tanggul Pompa di Cilincing Ambruk Usai Diguyur Hujan

Posted: 05 Mar 2019 08:57 PM PST

Fokus, Jakarta - Tanggul pompa Dewa Ruci di Cilincing, Jakarta Utara, ambruk pada Selasa 5 Maret 2019 pagi. Tembok sepanjang 100 meter lebih dengan ketinggian 2 meter itu ambruk setelah diguyur hujan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (6/3/2019), diduga tanggul pompa tidak mampu menahan kebocoran air yang berasal dari saluran air di Jalan Raya Cilincing.

Hingga pagi ini, untuk mencegah terjadinya longsor susulan, petugas sementara menahan dengan patok-patok kayu. Selain itu, petugas juga terpaksa terus menghidupkan mesin pompa untuk mencegah air merendam lokasi longsor yang berpotensi menimbulkan longsor susulan.

Tanggul pompa Dewa Ruci selama ini berfungsi untuk memompa air dari permukiman warga Cilincing. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara: Andi Arief Dirawat Jalan, Tidak Direhabilitasi

Posted: 05 Mar 2019 08:56 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pengacara Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief, Dedi Yahya, mengatakan kliennya akan dirawat jalan usai ditangkap polisi karena dugaan mengkonsumsi sabu, Minggu, 3 Maret 2019.

"Tetap dikontrol oleh panti rehab. (AA) Bukan tahanan rumah, rehab jalan saja. Hasil asessment-nya hanya rehab kesehatan, sehingga bisa rawat jalan. Kalau rawat jalan tentu sedikit sekali ya (tingkat) ketergantungannya," ujar Yahya di Gedug Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2019).

Hingga pukul 11.30 WIB, belum tampak kedatangan Andi Arief di Gedung BNN. Rencananya, kepolisian akan menyerahkan proses perawatan Andi Arief ke BNN.

Menurut Yahya, AA tergolong kooperatif menghadapi proses hukum yang membelitnya.

"Tadi malam AA dibawa pulang. AA kooperatif tidak akan kabur ke mana-mana. Hari ini memang kita akan ke sini lagi," kata Yahya.

Sementara itu, polisi tengah mendalami kasus penyalahgunaan narkoba yang dilakukan politikus Partai Demokrat Andi Arief. Berdasarkan hasil pemeriksaan dan assessment sementara, diketahui Andi sudah beberapa kali mengonsumsi narkoba.

"Dari hasil assessment sementara, bahwa saudara AA mengonsumsi narkoba itu bukan hanya sekarang. Sudah beberapa kali, dan setelah kita lakukan assessment terus profiling, saudara AA Ini hanya sebatas pengguna," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Hingga saat ini, polisi masih mendalami asal narkoba yang dikonsumsi Andi Arief, termasuk memburu pemasoknya. Menurut Iqbal, Andi belum membeberkan dari mana barang haram tersebut didapat.

Selain itu, polisi juga tengah mendalami apa motivasi dan tujuan Andi Arief menggunakan narkoba.

"Saudara AA ini korban karena dia pengguna. Sampai saat ini pemeriksaan masih berjalan, apakah saudara AA ini pusing atau hanya iseng-iseng. Nanti akan kami sampaikan secara utuh," kata Iqbal.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Satu Bulan Dirawat di RS Singapura, Bagaimana Kondisi Ani Yudhoyono?

Posted: 05 Mar 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan kondisi Ani Yudhoyono yang sedang dirawat di Singapura karena mengidap kanker darah semakin membaik. Namun kata dia, istri Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu masih perlu melakukan serangkaian terapi.

"Memang Bu Ani secara rutin masih menjalani terapi untuk menuju kesembuhan dari penyakit yang dideritanya," kata Agus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Agus menjelaskan tim dokter juga masih berusaha untuk menyembuhkan penyakit Ani. Penyakit itu, lanjutnya, akan ditangani hingga pusat permasalahan.

"Pada saat saya datang ke sana tentunya yang diperbaiki hilirnya dulu itu dengan beberapa terapi termasuk barangkali infus, pengobatan dan lain sebagainya," ungkapnya.

"Sedangkan yang hulu kan setelah hilirnya selesai," ucapnya.

Diketahui, Ani Yudhoyono dirawat di RS Singapura sejak 2 Februari 2019. Oleh dokter di Singapura, Ibu Ani divonis mengidap kanker darah. Sejak itulah, Ibu Ani menjalani perawatan di National University Hospital.

 

SBY Jelaskan Kondisi Ani Lewat Video

Lewat video, SBY sempat menjelaskan kondisi Ibu Ani saat ini.

"Saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah dan karenanya harus menjalani pengobatan dan perawat yang intensif di National University Hospital Singapura," kata SBY dalam sebuah video yang diambil dari Singapura, dikutip merdeka.com, Rabu, 13 Februari 2019.

Sejumlah tokoh Tanah Air sudah membesuk Ibu Ani. Termasuk Perdana Menteri Singapura. Semua mendoakan kesembuhan untuk ibu dari Ibas dan AHY ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Jenis Ikan Cupang yang Mahal, Cocok Untuk Peliharaan

Posted: 05 Mar 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ikan Cupang atau Betta sp merupakan ikan air tawar yang habitat asalnya adalah beberapa negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Vietnam.

Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Ikan cupang ada yang dikenal dengan mouth breeder yaitu ikan cupang yang mengerami telurnya di dalam mulut serta ada juga yang membangun sarangnya dengan busa atau bublle nest.

Ikan cupang adalah salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara atau aerator, ikan ini masih dapat bertahan hidup. Oleh karena itulah ikan cupang banyak sekali digemari dan dipelihara oleh banyak kalangan.

Ikan cupang juga memilki jenis-jenisnya dan juga memiliki harga yang variatif. Mulai harga puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah. Berikut Liputan6.com rangkum jenis ikan cupang yang mahal dan memilki keunikan masing-masing, Rabu (6/3/2019).

1. Ikan cupang plakat

(Sumber: iStockphoto)

Plakat merupakan jenis ikan cupang aduan yang paling banyak dijual di pasaran dan paling dicari. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang artinya "tarung".

Konon, tradisi adu ikan cupang aduan sendiri awal mulanya berasal dari negara Thailand sehingga ikan cupang aduan banyak diasosiasikan dengan negara tersebut.

Ikan cupang plakat mempunyai ciri ciri sirip dan ekornya yang pendek. Warnanya sendiri tidak terlalu mencolok dengan tubuhnya cukup besar dan kokoh sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai petarung. Ikan ini juga akan bergerak sangat agresif apabila melihat musuh di dekatnya.

Harga ikan ini bervariatif mulai dari harga ikan cupang plakat anakan berkisar Rp 50.0000 hingga harga ikan cupang plakat juara yang mencapai harga Rp 2.000.000 untuk satu ikan.

2. Ikan cupang giant

(Sumber: iStockphoto)

Ikan cupang Giant ini merupakan persilangan dari berbagai macam jenis cupang. Ikan cupang giant merupakan sebutan untuk ikan cupang yang memiliki badan yang jauh lebih besar daripada cupang biasanya. Bahkan, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya bisa mencapai 10-15 cm.

Ikan cupang giant berasal dari negara Thailand yang banyak ditemukan di sungai-sungai dan danau di sana. Ikan cupang giant sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai ikan cupang aduan karena tubuhya yang besar dan lebih agresif. Karena ukurannya yang besar ini maka harganya juga lebih mahal dari ikan cupang biasa.

Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan saat ini berkisar Rp 50.000 hingga ikan cupang giant juara petarung berkisar di harga Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000.

3. Ikan cupang double tail

(Sumber: iStockphoto)

Ikan cupang double tail terlihat sangat mirip dengan cupang halfmoon yaitu ikan cupang terkenal dengan sebutan bulan sepotong dan cukup popular. Bedanya, ikan ini memiliki ekor yang terbelah atau bercagak dua. Karena karakteristiknya itulah ikan ini akhirnya dinamai dengan double tail alias ekor ganda.

Ikan ini memiliki variasi warna yang cukup beragam. Ikan ini cukup langka di pasaran dan biasanya juga dijual dengan harga yang lebih mahal dari jenis cupang lainnya. Dan sialnya lagi ikan cupang double tail termasuk yang sulit untuk dibudidayakan.

Untuk harga ikan cupang double tail anakan berkisar diantara Rp 100.000 dan untuk harga ikan cupang double tail juara berkisar diantara Rp 2.000.000.

4. Ikan cupang fancy

(Sumber: iStockphoto)

Ikan cupang fancy memiliki ukuran sirip yang tidak besar seperti ikan cupang halfmoon, tetapi jenis ikan cupang ini memiliki warna yang cantik. Ikan cupang fancy terkenal karena kombinasi warna degradasi seperti lukisan yang sangat cantik yang membuat harga ikan cupang fancy mahal.

Harga ikan ini juga juga cukup mahal tergantung dengan corak warna yang dimilikinya. Untuk ikan cupang fancy anakan berkisar Rp 100.000 dan untuk ikan cupang fancy juara bisa mencapai harga Rp 2.000.000.

Tempat membeli ikan cupang yang terkenal

1. Yogyakarta

Jika kamu berdomisili di Yogyakarta, kamu bisa datang langsung menuju pasar Pasty yang beralamat di Jalan Raya Bantul, Yogyakarta. Di sini banyak sekali pedagang ikan hias yang menjual ikan-ikan cantik, termasuk ikan cupang. Harganya juga bervariatif, mulai dari harga yang paling murah hingga yang mahal bisa kamu dapatkan tergantung dengan jenisnya.

2. Surabaya

Surabaya merupakan salah satu pusat terlengkap tempat menjual ikan cupang di Indonesia. Nama tempatnya adalah Pasar Ikan Hias Gunungsari yang berlokasi di Jalan Gunungsari, Surabaya. Disini kamu bisa menemukan berbagai macam jenis ikan cupang baik yang diadu maupun yang sebagai hiasan. Harganya pun bisa kamu bandingkan dengan tempat lainnya.

3. Bandung

Tidak hanya Yogkarta dan Surabaya saja, di bandung juga ada namanya pusat penjual ikan hias yang diberi nama Pasar Ikan Hias Jalan Peta. Uniknya, para penjual ikan di sini tidak mengemas ikan cupang di dalam toples atau akuarium.

Justru mereka mengemasnya ke dalam kantung plastik yang berisi air. Disini juga terkenal dengan harga ikan cupang yang murah dan beragam, jadi kamu bisa memilih sesuai budget yang kamu punya.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usir Jamur Membandel di Mobil dengan Tips Jitu Ini

Posted: 05 Mar 2019 08:54 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pada musim hujan seperti sekarang ini, jamur kerap menempel di kaca depan mobil. Keberadaan jamur ini bisa mengganggu penglihatan pengemudi. Selain itu, jamur juga bisa mengganggu estetika mobil itu sendiri.

Jamur juga bisa timbul di dalam mobil. Biasanya jamur muncul di dalam mobil akibat ada makanan cair atau minuman tumpah dan tidak segera dibersihkan. Bila jamur ini tidak segera bersihkan, dapat membuat jok kursi jadi jelek dan rusak.

Karena itu, keberadaan jamur di bodi dan interior mobil pun perlu segera dibersihkan dengan cara yang tepat. Berikut beberapa cara ampuh mengusir jamur membandel di mobil.

1. Gunakan lap kering dan air soda

Bersihkan kaca mobil yang berjamur dengan lap kering. Tuangkan air soda ke lap kering, lalu gosok secara perlahan hingga jamur tampak memudar. Setelah itu, lap kaca dengan lap kering. Jangan gunakan lap atau benda lain dengan permukaan kasar karena dapat mengikis pelindung kaca mobil.

2. Pakai pengisap debu

Jamur di bagian interior mobil dapat dibersihkan dengan pengisap debu. Pengisap debu ini akan menyedot remah-remah sisa makanan dan minuman penyebab jamur. Saat membersihkan, buka pintu mobil untuk mengurangi kelembapan.

3. Gunakan pasta gigi

Selain air soda, jamur di kaca mobil juga dapat dihilangkan dengan pasta gigi. Cara membersihkannya, oleskan pasta gigi ke kaca yang berjamur lalu gosok secara memutar perlahan dengan lap kering. Setelah itu, bilas dengan air biar pasta gigi tidak menempel terlalu lama di kaca.

4. Pakai pelindung kaca berkualitas

Guna mencegah kedatangan jamur membandel, Anda bisa menyiasatinya dengan memakai lapisan pelindung kaca yang berkualitas. Lapisan pelindung kaca atau kaca film yang berkualitas tak akan mudah terkena jamur. Apabila selama ini kaca Anda masih sering tertempel jamur, mungkin sudah saatnya Anda mengganti lapisan pelindung kaca.

Anda bisa mencari pilihan pelindung kaca yang berkualitas tapi terjangkau di Tokopedia Maret Mantap. Beragam merek berkualitas seperti Huper Optik, V-Kool, dan Solar Gard Premium tersedia di sana. Saat ini, Tokopedia juga sedang menyiapkan promo menarik untuk pembelian car window.

Tak tanggung-tanggung, Anda bisa mendapat diskon pembelian produk car window hingga 30 persen. Untuk mendapatkan diskon 10 persen hingga Rp 200 ribu, Anda hanya perlu memasukkan kode promo CARWINDOWMAR di halaman pembayaran untuk transaksi minimum Rp 1 juta. Mudah, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera cari car window berkualitas sesuai kebutuhanmu dan manfaatkan promo CARWINDOWMAR! Jangan sampai kelewatan, promonya hanya berlaku sampai 31 Maret 2019 dan untuk 400 kuota transaksi pertama.

Selamat mengusir jamur membandel!

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Kumpulkan Menteri Susun Rencana Kerja Pemerintah 2020

Posted: 05 Mar 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan sejumlah menteri untuk membahas rencana kerja pemerintah pada 2020 di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin pagi ini.

Hadir diantaranya Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luht Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan menteri/pejabat negara lainnya.

"Walaupun tahun ini kita memasuki sebentar lagi masuk ke pileg maupun pilpres, namun tahapan kerja teknokratik kita harus tetap berjalan secara berkesinambungan berkelanjutan," ujar Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Dalam pembukaannya, Jokowi menekankan bahwa fokus kerja pemerintah pada 2020 tetap pada pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Untuk menjaga keberlangsungan pembangunan nasional, maka pada 2020 prioritas pembangunan SDM tetap terus harus dikedepankan menyambung prioritas SDM yang dimulai 2019 ini," tambahnya.

Tidak hanya itu, Presiden juga mengingatkan kembali kepada para menteri untuk bisa menciptakan alternatif-alternatif pembiayaan mengingat keterbatasan APBN.

Untuk merealisasikannya, diharapkan investasi swasta bisa masuk baik dalam hal pembangunan infrastruktur hingga pengembangam SDM. Dengan begitu pengembangan ekonomi bisa jalan berkesinambungan.

"Ini saya ulang-ulang berkali-kali melalui peningkatan investasi dan ekspor. Berbagai reformasi untuk peningkatan investasi dan ekspor harus terus digulirkan untuk memperkuat kepercayaan para pelaku usaha agar bisa menciptakan manfaat sebesar-besarnya, membuka lapnagan pekerjaan, dan mengatasi pengangguran," pungkas Jokowi.

Tingginya Biaya Logistik Bikin Produk Ekspor RI Tak Kompetitif

Kapal mengangkut peti kemas dari JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (6/11). Berdasarkan data BPS, pertumbuhan ekspor kuartal III/2018 mencapai 7,7 persen, berbanding jauh dengan kuartal III/2017 sebesar 17,26 persen. (Merdeka.com/ Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, biaya logistik yang tinggi membuat produk ekspor Indonesia tidak kompetitif. Hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah agar produk nasional lebih berdaya saing.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P Roeslani mengatakan,  porsi biaya logistik menyumbang sekitar 40 persen dari harga produk di Indonesia. Kemudian komponen terbesar dari logistik tersebut yaitu 72 persen merupakan ongkos transportasi. 

"Biaya logistik masih tinggi. Tetapi Kadin tentu menyambut baik upaya pemerintah melakukan perbaikan sistem logistik nasional untuk mempercepat pengembangan usaha dan daya saing penyedia jasa logistik," ujar dia dalam Seminar Perdagangan Nasional di Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Tingginya biaya logistik di Indonesia juga diakui Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Ngakan Timur Antara mengatakan, berdasarkan Logistic Performance Index 2018, Indonesia berada di posisi 46. Indonesia berada di bawah negara tetangga seperti Singapura, Thailand, Vietnam dan Malaysia

"Indonesia berada pada posisi 46 ‎ di dunia‎. Singapura nomor 7, Jerman nomor 1, kemudian Swedia, Belgia, Austria, Jepang, Belanda, Singapura, Denmark, Inggris, Finlandia. Dibandingkan Thailand, Vietnam dan Malaysia juga kalah‎. Thailand di 32, Vietnam di posisi 39, Malaysia di 41," kata dia.

Meski demikian, lanjut Ngakan, dengan beragam pembangunan yang dilakukan pemerintah saat ini diharapkan mampu memperbaiki posisi Indonesia dalam hal logistik ini.‎

"Ranking logistik kita memang up and down. Tapi dengan dibangun infrastruktur seperti tol itu sudah dilihat dampaknya. Ini juga sebagai langkah antisipasi ke depan, sehingga logistik bisa meningkat dari tahun ke tahun," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kawal Dana Desa, Kemendes PDTT Gandeng Kejari Sumut, Sumbar dan Aceh

Posted: 05 Mar 2019 08:49 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melakukan sosialisasi Pengawalan, Penyaluran, dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019 di Emerald Garden Hotel Medan pada Selasa (5/3). Sosialisasi dilaksanakan dalam rangka optimalisasi kerjasama pengawasan dana desa, khususnya dengan Kejaksaan Agung.

"Kementerian Desa telah menandatangani MoU tentang koordinasi dan pelaksanaan tugas (pengawasan dana desa) dengan kejaksaan. Hampir satu tahun kita bekerjasama bersama. MoU ini dilakukan dalam rangka peningkatan pendampingan dan pengawalan dana desa," ujar Staf Ahli Bidang Pengembangan Wilayah, Conrad Hendarto.

Pada kegiatan yang melibatkan Kajati dan Kajari Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Aceh tersebut Conrad mengapresiasi optimalisasi kejaksaan yang telah membantu pendampingan dan pengawasan dana desa. Ia berharap hal tersebut dapat membantu mengurangi potensi penyimpangan dana desa.

"Kesalahan kepala desa soal penggunaan dana desa karena banyak yang kurang faham saja. Untuk itu, kementerian sangat konsen melakukan pengawalan dana desa ini, karena masih banyak kepala desa yang belum tahu dan masih khawatir menggunakan dana desa," ujarnya.

Terkait hal tersebut, Jaksa Agung Muda Intelijen, Jan S Maringka mengungkapkan adanya paradigma baru dalam pengawasan dana desa oleh Kejaksaan. Menurutnya, paradigma pengawasan dana desa bukanlah untuk mencari kesalahan, namun mendukung dan mengawasi pelaksanaan dana desa sejak awal pelaksanaannya.

Kemendes PDTT melakukan sosialisasi Pengawalan, Penyaluran, dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019 di Emerald Garden Hotel Medan.

"Kita ubah paradigmanya, bukan untuk mencari kesalahan. Tapi kita mendukung apa-apa yang baik, dan bersama-sama terus kita tingkatkan," ujarnya.

Program dana desa menurutnya, adalah peluang bagi kejaksaan untuk menjadi mitra Kepala Desa agar pembangunan desa dapat dilaksanakan sesuai target dan harapan. Dana desa sendiri, telah disalurkan sejak tahun 2015 yang jika dihitung total hingga tahun 2019 mencapai Rp257 Triliun.

"Kita harapkan (dana desa) tidak terjadi penyimpangan atau pemanfaatan dari kelompok-kelompok tertentu," ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi Pengawalan, Penyaluran, dan Pemanfaatan Dana Desa Tahun 2019 tersebut dilaksanakan dua hari yakni tanggal 5-6 Maret 2019. Adapun peserta dari kegiatan tersebut yakni Kajati, Kajari, Asintel, Asdatun, Kasi B, Kasi Intel, dan Cabri se-Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Aceh. Kegiatan tersebut juga diikuti oleh perwakilan kepala dinas PMD Provinsi dan kabupaten, perwakilan kepala desa, dan perwakilan pendamping desa.

Pada sosialisasi tersebut, Kemendes PDTT juga memberikan bantuan permodalan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pengembangan usaha ekonomi masyarakat sebesar Rp4,7 Miliar untuk Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Serdang Bedagai.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasar Blok A Jaksel Terbakar, Pedagang Dipindahkan ke Pondok Indah

Posted: 05 Mar 2019 08:47 PM PST

Fokus, Jakarta - Tiga jam berjuang, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api yang membakar pasar penampungan sementara Pasar Blok A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (6/3/2019), petugas pemadam kebakaran yang mengerahkan ratusan personel dan belasan unit mobil pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. Namun, amukan si jago merah telah menghanguskan 415 kios di pasar penampungan sementara Pasar Blok A.

Dalam upaya memadamkan api, petugas pemadam kebakaran terpaksa menutup Jalan Panglima Polim dari dan menuju Blok M. Rekayasa lalu lintas dilakukan petugas, namun kemacetan terjadi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang untuk melihat kondisi Pasar Blok A. Rencananya, untuk sementara pedagang akan dipindah ke Pasar Pondok Indah. Bantuan modal juga akan diberikan sebesar Rp 10 juta. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: PSM Makassar vs Kalteng Putra di Indosiar

Posted: 05 Mar 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PSM Makassar akan memainkan laga pertama mereka di Grup C Piala Presiden 2019 sore ini. Tim Juku Eja akan berhadapan dengan Kalteng Putra di Stadion Moch Soebroto, Magelang.

Ini menjadi tantangan tersendiri bagi PSM Makassar. Pasalnya, selain Piala Presiden 2019 mereka juga harus tampil di ajang Piala AFC. Otomatis, pelatih Darije Kalezic harus putar otak untuk menyiasati kebugaran pasukannya.

Namun, Kalezic menjamin, dia tetap akan memainkan skuat terbaik. Dia tak ingin pamor PSM sebagai tim besar, dipermalukan Kalteng Putra, yang merupakan klub promosi di Liga 1.

Di sisi lain, Kalteng Putra optimistis bisa membalas dua kekalahan (1-2 dan 0-1) dari PSM pada Piala Indonesia 2018. Pelatih Gomes de Oliviera mengungkapkan ia sudah memiliki cara untuk meredam kekuatan PSM.

"Kami belajar banyak dari kekalahan itu. Sekarang tim lebih solid dan tentu penampilan kami bakal berbeda," ujar Gomes.

Saksikan Live Streaming Piala Presiden 2019: PSM Makassar vs Kalteng Putra mulai 15.30 WIB. Dapatkan link live streaming Saksikan Live Streaming Piala Presiden 2019: PSM Makassar vs Kalteng Putra di halaman selnjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Piala Presiden 2019: PSM Makassar vs Kalteng Putra silakan klik di sini...

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit: Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Taufik Hidayat;Wiljan Pluim, Marc Klok, M. Arfan; Zulham Zamrun, Ferdinand Sinaga, Bayu Gatra

Pelatih: Darije Kalezic

Kalteng Putra (3-4-3): Dimas Galih (K); Indra Permana, OK John, Wasyiat Hasbullah (B); Yoo Hyun-koo, Gede Sukadana, Michael Rumere, Rizky Dwi (T); Antoni Putro, Patrich Wanggai, Ferinando Pahabol (D)

Pelatih: Gomes de Oliveira

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata-Kata Motivasi Kerja untuk Karyawan, Bikin Kamu Lebih Semangat

Posted: 05 Mar 2019 08:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sebuah pekerjaan terkadang bisa loh membuat kamu stres. Banyaknya tekanan yang datang saat kamu menjadi karyawan tentu saja kerap dirasakan. Namun meski stres dan juga tekanan menyerang, jangan berfikir untuk menyerah begitu saja. 

Mungkin yang kamu butuhkan ialah sebuah kata-kata motivasi kerja untuk membangkitkan kembali semangat kamu.

Beberapa pekerjaan yang kamu lakukan mungkin memberikan terkesan monoton dan tak sesuai dengan yang kamu inginkan. Tentu saja hal ini bisa memicu kamu untuk bermalas-malasan. 

Salah satu kesuksesan seseorang pun bisa diukur bagaimana ia bekerja. Meskipun menjadi seorang karyawan, tentu saja kesuksesan tiap karyawan ini berbeda. Tergantung bagaimana kamu menyikapi pekerjaan kamu serta bagaimana semangat kamu dalam bekerja.

Karena sebagai seorang karyawan kamu tentu saja memiliki tanggung jawab terhadap pekerjaan kamu. 

Namun bila kamu tidak bisa menemukannya, kamu bisa loh mengambil beberapa kata-kata motivasi kerja yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019). Kata-kata motivasi kerja dibawah ini dijamin bikin semangat kamu kembali bangkit.

Kata-kata motivasi dari tokoh sukses

Tentu saja bila kamu memiliki motivasi penyemangat kerja, kamu pastinya kan mulai berfikir untuk meraih sebuah kesuksesan.Karena terkadang membaca kata-kata motivasi kerja, bisa mengubah pola berfikir kamu dalam melakukan suatu pekerjaan.

1. Albert Camus

Tanpa bekerja, semua kehidupan akan membusuk. Tetapi ketika bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati.

2. Anna Pavlove

Tak seorang pun di dunia ini yang ternama hanya semata-mata karena bakat yang dimiliki saja, melainkan bekerja dapat mengubah bakat menjadi suatu yang jenius.

3. Benjamin Disraeli - Coningsby

Seseorang akan menjadi hebat jika dan hanya ia berusaha sesuai dengan apa yang ia minati.

4. Bill Cosby

Dalam kesuksesan, kemauan anda untuk sukses harus lebih besar daripada ketakutan anda akan kegagalan

5. Calvin Coolidge

Semua perkembangan tergantung dari aktivitasnya. Tidak akan ada pembangunan secara fisik maupun intelektual tanpa adanya usaha dimana usaha tersebut berarti bekerja keras.

Kunci sukses sebuah usaha

6. Bob Sadino

Bisnis yang bagus itu dijalankan bukan terus ditanyakan 

7. Chairul Tanjung

Bekerjalah 2 atau 3 kali lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil.

8. Cobrad Hilton

Kesuksesan bersumber dari perbuatan. Orang yang sukses terus melakukan usaha. Orang sukses bahkan membuat kesalahan, namun mereka tidak berhenti usaha.

9. Vince Lombardi

Harga diri suatu keberhasilan adalah kerja keras, pengabdian kepada pekerjaan di depan anda dan juga ketekunan yang anda lakukan. Mekipun anda menang atau kalah, tetap berikan yang terbaik dari diri sendiri kepada pekerjaan yang ada di depan anda tersebut.

10. Theodor Adorno

Bekerjalah saat waktunya bekerja, bermainlah saat waktunya bermain. Hal tersebut adalah aturan dasar dari kedisiplinan diri yang represif.

Motivasi diri sebelum mulai bekerja

11. Arthur Ashe

Satu kunci penting untuk sukses adalah percaya diri. Dan sebuah kunci penting untuk npercaya diri adalah persiapan.

12. Steve Jobs

Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan yang hebat adalah dengan mencintai apa yang kamu lakukan

13. A.P.J Abdul Karim

Kamu tahu, Tuhan hanya membantu orang yang berusaha keras. Prinsip ini sudah sangat jelas.

14. Jahangir Khan

Tanpa kerja keras dan disiplin akan susah untuk menjadi seorang profesional yang terbaik

15. Colin Powell

Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan lewat sihir. Semua itu membutuhkan keringat, tekad dan juga kerja keras.

Kerja keras akan menghasil sesuatu yang luar biasa

16. Pele

Sukses bukanlah sebuah kebetulan, sukses adalah kerja keras, tekun belajar, berkorban dan yang terpenting ialah mencintai pekerjaan anda

17. Thomas Jefferson

Saya adalah orang yang sangat percaya pada sebuah keberuntungan dan saya selalu menemukan, dimana semakin keras saya bekerja keras semakin banyak pula saya memiliki keberuntungan

18. Sanjo Jendyai

Kehebatan seseorang didapatkan dari proses tempaan. Oleh sebab itu jangan pernah menghina kerja keras seseorang saat ini. KArena kerja keras yang dilakukan olehnya akan membuahkan hasil pada akhirnya.

19 Sri Mulyani

Kekecewaan itu harus kita salirkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.

20 Rossana Condoleo

Lakukanlah hal-hal yang anda inginkan agar anda menjadai lebih bahagia, lebih kuat dan lebih sukses. Hanya dengan cara tersebut kerja keras dapat digantikan oleh dedikasi yang tinggi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Orang Terkaya di Dunia Teknologi Versi Forbes

Posted: 05 Mar 2019 08:44 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Sama seperti tahun sebelumnya, Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia. Namun yang berbeda, Forbes kali ini membuatnya tampil lebih interaktif untuk memudahkan pencarian berdasarkan kategori yang diinginkan.

Dalam daftar terbaru, dua nama yang sudah tidak asing masuk sebagai orang terkaya di dunia, yakni Jeff Bezos dan Bill Gates, kembali tampil. Keduanya berada di posisi pertama dan kedua.

Tekno Liputan6.com pun mencoba mencari daftar orang terkaya di bidang teknologi. Hasilnya, nama-nama seperti Mark Zuckerberg, Jack Ma, dan Larry Page masuk dalam daftar.

Ketiganya memang dikenal sebagai petinggi perusahaan teknologi yang dikenal memiliki kekayaan luar biasa.

Nah, untuk mengetahui daftar lengkapnya, berikut ini adalah daftar 10 orang terkaya di bidang teknologi seperti dikutip dari Forbes, Rabu (6/3/2019).

1. Jeff Bezos

Kekayaan Jeff Bezos diperkirakan mencapai USD 131 miliar. Jumlah itu tidak lepas dari kontribusi Amazon, perusahaan yang didirikannya pada 1994.

Pada 2018, Amazon berhasil mencatat pemasukan USD 230 milior dan mencetak rekor keuntungan hingga USD 10 miliar. Jumlah itu naik USD 3 miliar dari tahun sebelumnya.

2. Bill Gates

Nama Bill Gates harus diakui sudah sering menyandang predikat orang terkaya di dunia. Predikat itu pun kian lengkap karena dia dikenal sebagai orang yang dermawan.

Bersama sang istri, Melinda, mereka mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, badan amal swasta terbesar di dunia. Tidak hanya itu, dia juga mendorong pengembangan teknologi ramah lingkungan atau terbarukan.

3. Larry Elison

Co-founder Oracle ini menjadi orang ketiga terkaya di bidang teknologi dengan nilai kekayaan USD 62,5 miliar. Pada 2014, dia berhenti menjadi CEO Oracle, tapi masih menjadi ketua dewan direksi perusahaan sekaligus chief technology officer.

Ellison kini juga bergabung dalam dewan direksi Tesla pada 2018. Hal itu dilakukan setelah dia membeli saham perusahaan tesebut senilai USD 3 juta awal tahun lalu.

4. Mark Zuckerberg

CEO Facebook Mark Zuckerberg. Dok: marketwatch.com

Usai skandal penyalahgunaan data, kekayaan Zuckerberg sempat dilaporkan mengalami penurunan. Kendati demikian, hal itu tidak mengubah posisinya sebagai salah satu petinggi perusahaan teknologi dengan kekayaan tertinggi.

Untuk itu, salah satu prioritas Zuckeberg untuk Facebook tahun ini adalah menangkal permasalahan sosial yang mungkin disebabkan oleh platform besutannya tersebut.

5. Larry Page

Larry Page kini menduduki pimpinan Alphabet, perusahaan induk Google. Tidak hanya itu, dia memimpin divisi kesehatan Calico dan divisi home appliance Nest.

Page yang kini memiliki kekayaan USD 50,8 miliar sempat memimpin sebagai CEO Google hingga 2001. Setelahnya dia menjabat sebagai president of product, sebelumnya akhirnya memimpin kembali sebagai CEO pada 2011.

6. Sergey Brin

Sergey Brin kini menjabat sebagai President Alphabet, perusahaan induk Google. Sebelumnya, dia juga memimpin divisi Google X yang mengembangkan Google Glass.

Dia bersama Larrya Page membentuk perusahaan mesin pencari Google pada 1998. Google lalu go public pada 2004 dan membentuk perusahaan induk, Alphabet, pada 2015.

7. Steve Ballmer

Steve Ballmer merupakan salah satu mantan CEO Microsoft yang paling lama. Dia memimpin perusahaan tersebut sejak 2000 hingga 2014.

Ballmer juga salah satu karyawan di awal-awal dirintisnya Microsoft. Kini, dia telah pensiun dari Microsoft dan memiliki tim basket NBA Los Angeles Clippers.

8. Ma Huateng

Ma Huateng. (ANTHONY WALLACE / AFP)

Ma Huateng (yang dikenal sebagai Pony Ma) merupakan cofounder dari Tencent, perusahaan teknologi asal TIongkok. Tencent merupakan pembesut WeChat yang kini memiliki pengguna lebih dari 1 miliar.

Ma kerap dibandingkan dengan kepopuleran pendiri Alibaba, Jack Ma. Namun, Ma dianggap lebih low-profile, mengingat latar belakangnya yang seorang insinyur.

9. Jack Ma

Mantan guru bahasa Inggris ini kini sudah menjelma menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Bahkan, Alibaba kini menjadi salah satu e-commerce terbesar di dunia.

Saat ini, Ma baru mengumumkan mundur dari ketua dewan direksi Alibaba pada tahun ini. Dia akan digantikan oleh CEO Alibaba saat ini, Daniel Zhang.

10. Michael Dell

Michael Dell merupakan chairman dan CEO Dell Technologies, yang dibentuk pada 2016 usai Dell bergabung dengan EMC. Bergabungnya Dell dan EMC disebut-sebut menjadi akuisisi terbesar di dunia teknologi.

Kekayaan Dell diperkirakan mencapai USD 34,3 miliar. Dell mendonasikan USD 1 miliar untuk yayasan yang didirikannya pada 2017.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penuhi Panggilan Polisi, Plt Ketum PSSI Joko Driyono Bawa Setumpuk Dokumen

Posted: 05 Mar 2019 08:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tersangka Plt Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Joko Driyono alias Jokdri memenuhi panggilan Tim Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Bola di Polda Metro Jaya. Jokdri tiba sekira pukul 10.20 WIB, didampingi beberapa orang kuasa hukum.

Pantauan merdeka.com, Jokdri yang mengenakan kemeja biru dibalut jaket hitam enggan menjawab pertanyaan dari awak media.

Dia mengaku siap menjalankan pemeriksaan kali ini. "Ya kita lanjutkan sesuai dengan jadwal," kata Jokdri di lokasi, Rabu (6/3).

Dalam pemeriksaan ini, Jokdri terlihat membawa dokumen. Namun, dia tak menjelaskan dokumen yang dimaksud.

"Ada. Eggak ada yang khusus," ujarnya.

Saat ditanyakan lebih detail dokumen itu, Jokdri lebih memilih diam dan melanjutkan langkahnya ke dalam gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Sebelumnya, Satgas Antimafia Bola Polri tak selesai memeriksa Plt Ketum PSSI Joko Driyono sebagai tersangka perusakan barang bukti pengaturan skor sepakbola.

Pasalnya, Jokdri sapaan Joko Driyono mengaku meminta izin untuk meninggalkan ruang pemeriksaan dengan alasan mengurus persiapan Piala Presiden. Jokdri diperiksa dari pukul 10.00 hingga 14.25 WIB.

Reporter: Ronald

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebelum Terkenal, Ini Pekerjaan Ananda Omesh

Posted: 05 Mar 2019 08:40 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nama Ananda Omesh mulai dikenal publik sejak bergabung dalam variety show Extravaganza. Sejak itu, kariernya tak meredum justru makin menanjak.

Berbagai acara dibawakan Ananda Omesh. Dan pada 2018 lalu, ia berhasil membawa pulang penghargaan Panasonic Gobel sebagai Pembawa Acara Kuis & Games Show Terfavorit.

Tak hanya sebagai pembawa acara, Ananda Omesh juga berhasil membintangi delapan film.

Meski sibuk di panggung hiburan, Ananda Omesh tak melupakan hobinya bermotor. Gara-gara kendaraan roda dua ini, ia menceritakan masa lalunya sebelum menjadi artis terkenal.

 

Motor Pertama

(Instagram/omeshomesh)

Melalui akun YouTube Andre Taulany, Ananda Omesh menceritakan proses pertama kali memiliki motor.

Motor pertama Ananda Omesh diberi nama si Jagur yang dibelinya pada 2004 silam. Motor jenis Kawasaki Binter Merzy KZ200 1988 itu dibelinya saat masih kuliah.

 

Jadi Sales Promotion Boy

Ananda Omesh (Deki Prayoga/bintang.com)

Untuk bisa membayar angsuran pertama, bapak dua anak ini meminjam uang sang kakak. Selama proses angsuran, Ananda Omesh rela menjadi Sales Promotion Boy (SPB) untuk produk susu di sebuah toserba.

"Saya minjem duit kakak saya sambil saya jualan susu saat kuliah, di toserba-toserba. Saya jadi SPB. Pulang kuliah saya kerja," ujar Omesh kepada Andre Taulany. (Farika Maula/Brilio.net)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata-Kata Sayang Buat Pacar, Bikin Hubungan Kamu Makin Harmonis

Posted: 05 Mar 2019 08:36 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengungkapkan perasaan kepada pasangan tak melulu harus secara langsung. Bisa juga disampaikan lewat kata-kata. Bisa dikirim lewat pesan maupun dijadikan sebagai status di media sosial. 

Walaupun tidak diucapkan, tapi untaian kata tersebut sudah bisa mewakili isi hatimu padanya. Kata-kata sayang buat pacar juga bisa menjadi obat rindu yang menengkan.

Cinta memang hal yang abstrak dan sulit dilukiskan lewat untaian kata. Ia hanya dapat dirasakan, tapi tak bisa dipegang, dilihat, dicium maupun didengar. Tapi kata-kata sayang buat pacar bisa membantu kamu menggambarkan perasaanmu pada pasangan. Kamu pun jadi mudah mengungkapkan rasa itu ke pacarmu tercinta. Berikut kata-kata sayang buat pacar yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019).

Cinta bagiku dan orang favoritku

1. Sesuatu yang tidak ada artinya bagimu, bisa menjadi cinta bagiku.

Kata-kata sayang buat pacar ini bisa kamu sampaikan kepada sang kekasih ketika hubungan yang kamu jalin bersamanya sedang dirundung masalah. Katakan padanya untuk selalu berpikiran positif dan tenang.

Sesuatu yang ia anggap tidak berarti, justru bisa menjadi pupuk yang membuat hubungan ini tumbuh sempurna. Masalah tidaklah selalu buruk, ia bisa menjadi pengalaman berharga bagi kelangsungan hubunganmu dengannya. 

2. Aku ingin semua orang bertemu kamu. Kamu adalah orang favoritku sepanjang waktu.

Ketika sedang jatuh cinta, rasanya kamu ingin seluruh dunia tahu kebahagiaan yang kamu rasakan.

Kamu pun ingin semua orang tahu bagaimana sempurnanya pasanganmu. Orang lain pun akan tahu bagaimana perasaanmu terhadapnya. Ia pun akan merasa tersanjung dengan pengakuan bahwa ia adalah orang yang paling kamu suka.

Aku memperhatikan lingkunganmu, aku cinta kamu

3.  Kau pikir aku memperhatikanmu? Tidak, Sayang. Aku memperhatikan lingkunganmu, barangkali ada yang akan mengganggumu, kuhajar dia.

Kata-kata sayang buat pacar ini bisa juga menjadi katakata cemburu buat pacar, karena ini menunjukkan bahwa hubunganmu dengannya tak ingin diganggu siapapun. Bisa dibilang ini juga menunjukkan rasa posisifmu.

Tak masalah sebenarnya, perasaan cemburu merupakan tanda bahwa kamu sayang dan takut kehilangan dirinya. Ia pun merasa bahwa kamu tak ingin kehilangannya.

4.  Aku cinta kamu, dan itu adalah awal serta akhir dari segalanya.

Kata-kata sayang buat pacar ini bisa kamu berikan kepada orang yang kamu sayangi untuk menunjukkan ketulusanmu. Rasa cinta merupakan awal sekaligus akhir dari segalanya. Tak ada yang berhak menghancurkannya.

 

Kesempurnaan dan bening mata

5. Aku melihat kesempurnaan pada dirimu, lalu aku jatuh cinta padamu. Kemudian, aku melihat ketidak sempurnaanmu, aku pun semakin jatuh cinta padamu.

Kata-kata sayang buat pacar ini juga bisa kamu sampaikan kepada orang tersayang. Cinta tak selalu harus melihat kesempurnaan.

Kasih sayang yang tulus adalah yang mampu menerima ketidak sempurnaan pasangan. Apapun kondisinya, akan selalu menjaganya baik suka maupun duka.

6. Aku jatuh cinta pada bening matamu. Tempat kutemukan miniatur taman surga.

Kata-kata sayang buat pacar adalah perihal keindahan dan kenikmatan. Cinta adalah anugerah yang sangat berarti.

Kata-kata romantis untuk menyatakan cinta ini merupakan inspirasi hidup untuk menjalani hubungan yang baik dengan pasangan sepanjang hayat. Sadar kalau ia adalah miniatur surga, berarti tak seharusnya kamu bisa menyia-nyiakannya.

 

Kusebut kekasih, dan hal terindah

7.  Kepada ia yang kusebut kekasih, berumahlah di ketabahanku.

Kadang, sebagai pasangan, kamu bukanlah orang yang sempurna. Masing-masing harus saling menguatkan. Ketika mengejar cinta, semua usaha akan dikerahkan. Kesabaran dan ketabahan adalah makanan sehari-hari demi meraih hati seseorang. 

Kata-kata sayang buat pacar ini mengajarkan bahwa kamu harus selalu senantiasa menghargai upaya keras dan perjuangan pasangan.

8.  Kamu adalah hal terindah yang pernah aku miliki.

Kata-kata sayang buat pacar ini pada pasanganmu. Ia akan merasa bahwa dirinya adalah orang yang paling kamu prioritaskan dan kamu hargai.

Sejatinya, seseorang yang kamu pilih menjadi kekasih tentunya adalah orang yang paling membuat kamu nyaman dan bahagia. Tak ada salahnya untuk memujinya dengan menyatakan perasaan jujurmu.

Wangi dan nafas panjang

9.  Masih tertinggal wangi yang sempat engkau titipkan, tak terbias oleh hangatnya mentari.

Kata-kata sayang buat pacar ini buat pacarmu biar dia sadar kalau dia sudah membuat gundah anak orang.

10.  Merenungi kisah ini, aku menghela nafas panjang dan bertanya dalam hati kenapa harus terus kamu yang memenuhi pikiranku.

Cukup dengan merenung, kemudian pikirkan alasan mengapa kekasihmu sangat berharga untukmu. Dengan itu, kamu akan sadar bahwa menyakitinya, sama saja dengan menyakiti dirimu sendiri.

Senyum, tawa dan cahaya

11.  Senyum dan tawamu menerangi seluruh duniaku.

Di dunia ini tak ada hal yang menenangkan selain melihat kebahagiaan orang yang kamu cintai. Senyum dan tawanya laksana cahaya yang dapat menerangi kehidupan dengan sempurna.

Ketika kamu melihatnya sedih dan kecewa, seakan-akan separuh hidupmu pergi. Buatlah pasanganmu selalu merasakan suka cita dan kebahagiaan bagaimanapun keadaannya.

12.  Kamu adalah satu-satunya cahaya yang aku lihat.

Ia selayaknya cahaya yang mampu menyinari kehidupanmu. Jika tak ada dirinya di sisimu, hidupmu akan terasa kurang dan hari hari yang kamu jalani terasa suram.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ajax Depak Real Madrid, Striker Barcelona Ucapkan Selamat

Posted: 05 Mar 2019 08:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Ajax Amsterdam melucuti mahkota Liga Champions Real Madrid. Tim asal Belanda itu menghentikan langkah sang juara bertahan di babak 16 besar setelah menang 4-1 pada leg kedua yang berlangsung di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019). 

Empat gol Ajax dicetak Hakim Ziyech (7'), David Neres (18'), Dusan Tadic (62'), dan Lasse Schone (72'). Sementara gol hiburan Real Madrid dicetak Marco Asensio pada menit ke-70.

Meski sempat kalah 1-2 pada leg pertama, kemenangan ini berhasil mengantar Ajax Amsterdam ke babak perempatfinal setelah unggul agregat 5-2 atas Real Madrid. 

 

Tidak hanya Ajax yang menyambut gembira kemenangan ini. Striker Barcelona, Luis Suarez juga ikut merasa senang atas keberhasilan Ajax Amsterdam menjegal langkah Real Madrid. 

Perasaan itu diluapkan Suarez lewat kicauannya di media sosial Twitter. 

"Selamat, saya selalu menjadi penggemar Ajax," tulis Suarez sembari memajang foto selebrasi pemain Ajax di Santiago Bernabeu, seperti dilansir Marca. 

 

Pernah Memperkuat Ajax

9. Luis Suárez – 125 gol: Penyerang yang didatangkan dari Liverpool demi gantikan peran David Villa di Barcelona. Total hingga Februari 2019, Suarez mencetak 125 gol bersama Barcelona. (BCWGlobal)

Bukan tanpa alasan Suarez mengaku sebagai penggemar Ajax. Sebaliknya, pemain asal Uruguay itu pernah jadi bagian dari skuat Sons of the Gods pada tahun 2007-2011 lalu. 

Bersama Ajax, Suarez bahkan pernah merasakan gelar juara Eredivisie pada musim 2010/11. Selama memperkuat Ajax, Suarez telah tampil 110 kali dan mencetak 81 gol. 

Setelah dari Ajax, Suarez kemudian pindah ke Liverpool pada tahun 2011 sebelum akhirnya bergabung dengan Barcelona tiga tahun kemudian dan masih bertahan hingga saat ini. 

Rasakan Hal yang Sama

Duel antara Luis Suarez dan Casemiro pada laga semfinal Copa Del Rey yang berlangsung di stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (28/2). Barcelona menang 3-0 atas Real Madrid. (AFP/Oscar Del Pozo)

Belum lama ini, Suarez juga sempat merasakan kemenangan di markas Real Madrid, Santiago Bernabeu saat Barcelona bertandang ke sana pada leg kedua babak semifinal Copa del Rey, 28 Februari 2019 lalu. Dalam duel ini, Barcelona menang dengan skor 3-0. 

Dua dari tiga gol Blaugrana dicetak oleh Luis Suarez menit 50 dan 73. Sementara satu gol Barcelonna lainnya dipersembahkan oleh Raphael Varane pada menit ke-69. 

Hanya berselang dua hari, Barcelona kembali membenamkan Real Madrid di Bernabeu saat kedua tim bertemu pada lanjutan La Liga, 3 Maret 2018. Pada pertandingan ini, Los Blancos menang dengan skor 1-0 lewat gol semata wayang Ivan Rakitic pada menit ke-26.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Belajar Pencegahan Korupsi, 39 Finalis Putri Indonesia Sambangi KPK

Posted: 05 Mar 2019 08:34 PM PST

Liputan6.com, Jakarta 39 Finalis Putri Indonesia menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka yang mengenakan pakaian berwarna putih ini tiba di Gedung KPK sekitar pukul 10.25 WIB.

"KPK menerima kedatangan sejumlah pengurus dan juri Yayasan Puteri Indonesia (YPI) dan 39 finalis Puteri Indonesia," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (6/3/2019).

Kedatangan para finalis Putri Indonesia ini untuk pembekalan pencegahan antikorupsi. Menurut Febri, kegiatan ini sudah dilangsungkan hampir setiap tahunnya.

"Kegiatan ini meneruskan tradisi YPI sebelumnya agar para finalis tersebut mendapatkan pemahaman tentang pemberantasan korupsi," kata Febri.

Menurut Febri, pemberantasan korupsi membutuhkan peran serta masyarakat dari kalangan mana pun, termasuk para finalis Puteri Indonesia. Dia mengatakan, dengan pengetahuan mengenai korupsi, para finalis dapat ikut serta menyebarkan nilai-nilai anti korupsi dalam berbagai kesempatan.

"Sehingga diharapkan nilai-nilai anti korupsi dapat terinternalisasi dan masing-masing bisa menjadi bagian dari upaya pencegahan korupsi, baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan sekitar," kata Febri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: