Kamis, 07 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Startup Decacorn Pertama di Asia Tenggara Terima Dana Segar USD 4,5 Miliar

Posted: 07 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Start decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab baru saja menerima kucuran dana sebesar USD 4,5 miliar atau setara Rp 63,6 triliun dalam putaran pendaraan seri H. Nilai investasi tersebut berasal dari beberapa perusahaan.

CEO Grab Anthony Tan mengumumkan salah satu investor strategis jangka panjang bagi Grab yakni SoftBank Vision Fund memberikan dana terbesar mencapai USD 1,46 miliar atau setara Rp 20,6 triliun.

Adapun investor lain yang memberikan pendanaan dalam investasi seri H adalah Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holdings, Microsoft Corporation, Ping An Capital, dan Yamaha Motor.

"Investasi ini merupakan salah satu bentuk nyata dari visi Grab sebagai super app nomor satu di Asia Tenggara dalam mengembangkan ekosistem kawasan ini," tutur Anthony di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Disebutkan juga oleh Anthony, SoftBank tak hanya menjadi investor terbesar bagi Grab mungkin juga SoftBank adalah investor yang paling banyak memberikan pendanaan di Asia Tenggara.

Setelah mendapatkan kucuran dana segar, Grab yang telah resmi menjadi startup level decacorn dan super app pertama di Asia Tenggara akan terus meningkatkan taraf kehidupan dan penghasilan masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia.

Hingga kini, Grab telah beroperasi di 8 negara di Asia Tenggara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan juga Vietnam. Status decacorn diterima perusahaan yang bermarkas di Singapura ini setelah memiliki valuasi lebih dari USD 10 miliar. Valuasinya 10 kali lipat lebih besar dibandingkan unicorn, namun 10 kali lipat di bawah hectocorn.

Anthony mengungkapkan bahwa Grab berencana untuk menginvestasikan sebagian besar dana investasinya di Indonesia melalui tiga hal, yakni meningkatkan wirausaha mikro, meningkatkan talenta pemuda Indonesia dan akselerasi startup.

Adapun peningkatan wirausaha mikro dilakukan misalnya melalui pelayanan GrabFood. Untuk peningkatan talenda pemuda dilakukan melalui kerja sama pelatihan dengan kampus-kampus di Indonesia. Akselerasi startup sekaligus menjadi fokus ke depan guna membangun ekosistem di Grab.

Meski mendapatkan pendanaan yang cukup besar hingga Rp 63,6 triliun untuk putaran pendanaan seri H, Grab masih membuka kesempatan bagi para investor untuk melakukan pendanaan di putaran seri ini.

"Seri pendanaan ini masih dibuka karena minat dari para investor masih tinggi. Para investor kami untuk seri pendanaan ini seperti Microsoft, Toyota, dan lain-lain memiliki market di sini. Mereka terus berinvestasi karena percaya bahwa feedback pengguna ke Grab itu sangat baik," tutur Anthony.

Dalam paparannya kepada media, Grab mengklaim kini mereka menjadi pemimpin dalam layanan transportasi on demand di Indonesia.Grab menguasai 60 persen layanan ride hailing roda dua dan 70 persen pasar roda empat.

Bisnis Grab juga diklaim cukup berkembang pesat dengan pendapatan dua kali lipat pada tahun 2018.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peresmian Laboratorium Uji Balai Riset Budidaya Ikan Hias

Posted: 07 Mar 2019 10:30 PM PST

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja bersalaman dengan Kepala Pusat Perikanan Waluyo Sejati Abutohir usai Peresmian Laboratorium Uji  BRBIH dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja bersalaman dengan Kepala Pusat Perikanan Waluyo Sejati Abutohir usai Peresmian Laboratorium Uji BRBIH dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja mencoba alat laboratorium saat Peresmian Laboratorium Uji  BRBIH dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja mencoba alat laboratorium saat Peresmian Laboratorium Uji BRBIH dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja mendengarkan penjelasan alat laboratorium saat Peresmian Laboratorium Uji  BRBIH dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja mendengarkan penjelasan alat laboratorium saat Peresmian Laboratorium Uji BRBIH dan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja saat Peresmian Laboratorium Uji  BRBIH di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). Laboratorium Uji BRBIH memberikan manfaat bagi pelaku ikan hias dalam mengembangkan budidaya ikan hias.  (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepala BRSDM Sjarief Widjaja saat Peresmian Laboratorium Uji BRBIH di Depok, Jawa Barat, Jumat (8/3). Laboratorium Uji BRBIH memberikan manfaat bagi pelaku ikan hias dalam mengembangkan budidaya ikan hias. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ini Alasan Reino Barack Pilih Syahrini Jadi Istri

Posted: 07 Mar 2019 10:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Reino Barack kembali memperlihatkan video dari rangkaian pernikahannya dengan pelantun lagu "Cintaku Kandas", Syahrini. Hal ini ia tunjukkan melalui Instagram pribadinya.

Dalam video singkat itu, Reino Barack memperlihatkan momen saat acara sungkeman dan mendengar tausiah pernikahan bersama Syahrini dari Kiyai Haji Quraish Shihab. Reino Barack juga memperlihatkan momen saat dirinya membaca Alquran.

Dalam keterangannya, Reino Barack menulis kalimat indah. Mantan pacar Luna Maya ini seolah mengungkap alasan dirinya melabuhkan hati pada Syahrini.

"Kami diajari untuk mengharapkan cinta tanpa syarat dari orang tua kami. Saya rasa itu lebih dari cukup," tulis Reino Barack di Instagramnya dengan bahasa Inggris, Jumat (8/3/2019).

 

 

Dilihat Ratusan Ribu Orang

Reino Barack (Instagram/ @reinobarack)

Dalam waktu 20 menit saja, video tersebut sudah ditonton oleh ratusan ribu orang. Sayangnya, ia tak mengaktifkan kolom komentarnya.

Beberapa jam sebelumnya, Syahrini menunjukkan foto Reino Barack yang tengah membaca Alquran. Mantan kekasih Luna Maya itu memakai busana berwarna putih.

 

Doa Syahrini

Reino Barack (instagram/reinobarack)

Dari foto itu, Syahrini menyelipkan sebuah doa yang dipanjatkan kepada Tuhan. Ia berharap agar selamanya Reino Barack menjadi pria yang baik.

"Semoga senantiasa menjadi suami yang soleh. Taat kepada Allah dan mencintai Alquran @reinobarack," tulis Syahrini sebagai keterangan fotonya, Jumat (8/3/2019).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sandiaga Ajukan Perbaikan BPJS di Debat Cawapres

Posted: 07 Mar 2019 10:30 PM PST

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Makanan yang Mengandung Asam Folat, Cocok Untuk Ibu Hamil

Posted: 07 Mar 2019 10:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena bersifat multifungsi, mulai dari membantu proses produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. Asam folat sangat berperan penting pada fase awal pembentukan janin, yaitu pada fase pembentukan sistem saraf pusat.

Pada pasien yang ingin hamil, perlu dilakukan edukasi prekonsepsi mengenai konsumsi asam folat selama kehamilan. Suplementasi asam folat perikonsepsi dapatmenurunkan angka kejadian anemia dalam kehamilan, menurukan resiko untuk terjadinya preeklamsia bagi ibu dan menurunkan angka terjadinya neural tube defects.

Beberapa studi menemukan bahwa kekurangan asam folat bahkan dapat menyebabkan masalah mental seperti depresi. Asam folat atau juga dikenal sebagai vitamin B9, dapat mencegah cacat janin, penyakit Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

Asam folat selain baik untuk kesuburan juga baik untuk pertumbuhan bayi dalam kandungan karena mencegah bayi lahir cacat tulang belakang dan otak.

Nah, bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan atau mungkin sedang hamil dan sedang makanan yang mengandung asam folat. Berikut Liputan6.com rangkum 8 makanan yang mengandung asam folat yang baik bagi kesehatan, Jumat (8/3/2019).

Makanan yang mengandung asam folat

Ilustrasi makan buah dan sayur. (foto: shutterstock)

1. Sayuran berdaun hijau

Makanan yang mengandung asam folat yang pertama adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau merupakan salah satu sumber folat. kamu bisa menyantap berbagai jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam dan selada untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian.

2. Brokoli

Makanan yang mengandung asam folat yang kedua adalah brokoli. Brokoli merupakan salah satu sumber asam folat. Sebaiknya, kamu menyantap brokoli dalam keadaan mentah atau dikukus sebentar sehingga kandungan asam folat yang banyak terdapat dalam brokoli bisa sepenuhnya masuk kedalam tubuh.

3. Buah sitrus

Makanan yang mengandung asam folat yang ketiga adalah buah sitrus. Banyak buah-buahan yang mengandung asam folat, tetapi buah sitrus berada di peringkat tertinggi. Buah sitrus merupakan sumber asam folat.

Satu jeruk mengandung sekitar 50 mcg, dan segelas besar jus jeruk berisi lebih banyak asam folat. Buah kaya folat lainnya termasuk pepaya, jeruk, anggur, pisang, melon dan stroberi.

4. Alpukat

Makanan yang mengandung asam folat yang keempat adalah Alpukat. Alpukat menyediakan sekitar 22% dari kebutuhan asam folat harian kamu. Buah ini juga merupakan sumber asam lemak, vitamin K dan serat makanan. Alpukat ini bisa kamu jadikan minuman wajib bagi ibu hamil.

5. Jagung

Makanan yang mengandung asam folat yang kelima adalah jagung. Jagung mengandung banyak asam folat. Jagung menyediakan hampir 20% dari kebutuhan asam folat harian kamu. Hindari membeli jagung dalam kaleng. Pilihlah jagung yang segar.

6. Seledri

Makanan yang mengandung asam folat yang keenam adalah seledri. Seledri umumnya dianggap sebagai makanan untuk menghilangkan batu ginjal, tetapi apakah kamu tahu jika itu juga merupakan sumber asam folat? Seledri menyediakan sekitar 8% dari kebutuhan asam folat harian kamu.

7. Wortel

Makanan yang mengandung asam folat yang ketujuh adalah Wortel. Wortel menyediakan 5 persen dari kebutuhan asam folat harian kamu. kamu bisa makan wortel mentah sebagai camilan atau menambahkannya ke salad untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian kamu.

8. Kacang

Makanan yang mengandung asam folat yang kedelapan adalah kacang. Ada beberapa kacang yaitu Satu cangkir kacang koro memiliki kandungan asam folat sebanyak 358 mikrogram Asparagus. Satu cangkir sayur asparagus memiliki kandungan asam folat sebanyak 262 mikrogram.

Tidak hanya itu juga ada kacang lentil. Satu cangkir kacang lentil memiliki kandungan asam folat sebanyak 181 mikrogram dalam satu cangkir dan Secangkir kacang tanah memiliki kandungan asam folat sebanyak 120 mikrogram.

Manfaat asam folat bagi tubuh

Jika asam folat dikonsumsi sesuai dengan dosis yang dibutuhkan oleh tubuh, maka manfaat yang didapat adalah:

1. Membantu tubuh memproduksi sel-sel baru.

2. Mencegah perubahan DNA.

3. Membantu pembentukan sel darah merah sehingga mencegah terjadinya anemia.

4. Mencegah terjadinya cacat lahir pada otak, saraf tulang belakang, dan tulang belakang janin pada masa kehamilan.

5. Membantu saluran pencernaan dalam menyerap nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Kadar asam folat bagi tubuh

Kadar asam folat yang diperlukan tubuh berbeda-beda sesuai dengan usia.

1. 4-8 tahun: 200 mcg dengan batas toleransi 400 mcg

2. 9-13 tahun: 300 mcg dengan batas toleransi 600 mcg

3. Remaja: Batas toleransi 800

4. Ibu hamil: 800 mcg

Akibat jika kelebihan asam folat

Asam folat dapat memberikan banyak manfaat jika dikonsumsi secara tepat. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, maka akan memberikan dampak buruk pada tubuh dengan menunjukkan bermacam reaksi sebagai berikut:

1. Terasa sensasi seperti rasa logam di mulut.

2. Perubahan sikap seperti mudah tersinggung atau menjadi hiperaktif.

3. Tubuh merasakan gejala mati rasa.

4. Salah satu dampak kelebihan asam folat adalah kadar vitamin B12 yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat terserap sempurna.

5. Jika vitamin B12 secara terus-menerus tidak terserap, maka tubuh akan memberikan gejala mati rasa dengan gejala awal sering kesemutan.

6. Jika kandungan asam folat meningkat di dalam darah dan penyerapannya tinggi ke dalam tubuh, maka dapat memicu peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

7. Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa ibu hamil dengan kadar asam folat tinggi memiliki kemungkinan dua kali lebih besar melahirkan anak dengan autisme, dibandingkan dengan ibu yang memiliki kadar asam folat normal.

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Madura United vs Persija Jakarta di Piala Presiden 2019: Macan Kemayoran Siap Tempur

Posted: 07 Mar 2019 10:20 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta siap tampil di laga kedua Piala Presiden 2019. Sore ini, mereka akan menghadapi tim kuat asal Jawa Timur, Madura United di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Persija Jakarta sendiri punya modal bagus di laga yang akan disiarkan Indosiar ini. Di laga pertama, mereka menghajar Borneo FC lima gol tanpa balas.

Meski begitu, menghadapi Madura United, Tim Macan Kemayoran tetap waspada. Bek sayap Persija, Tony Sucipto menyebut, Laskah Sapeh Kerap bukanlah tim sembarangan.

"Pastinya kami respek tim Madura dengan pemain bertaburan bintang," ujar Tony saat konferensi pers jelang laga seperti dirilis situs resmi Persija Jakarta.

Musim ini, Madura United memng banyak mendatangkan pemain berkualitas. Sebut saja Alberto Goncalves, Andik Vermansyah, termasuk mantan pemain Persija, Jaimerson da Silva.Di laga pertama Grup D, mereka juga mencetak kemenangan. Madura United menghantam PSS Sleman 2-0.

Yakin Menang

Meski begitu, Tony mengaku tetap yakin Persija bakal mampu memetik kemenangan. Dia percaya, pelatih Ivan Kolev telah menyiapkan strategi khusus di laga ini.

"Tapi yang pasti kita sudah mempersiapkan tim sendiri untuk pertandingan besok. Untuk kesiapannya saya kira siap. Untuk kiat-kiat gak ada ya," ujarnya.

Jadwal Persija vs Madura United

Jumat, 8 Maret

15.30 WIB, Persija vs Madura United

Stadion Maguwoharjo, Sleman

Live Indosiar

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PBB Kembali Minta Akses kepada China Terkait Isu Uighur di Xinjiang

Posted: 07 Mar 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Jenewa - Komisioner Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet mengatakan dia mencari akses ke China untuk memeriksa laporan dugaan "penghilangan dan penahanan sewenang-wenang," terhadap kelompok minoritas di Wilayah Otonomi Xinjiang-Uighur (XUAR).

Sebuah laporan panel Dewan HAM PBB di Jenewa pada Agustus 2018 telah menyatakan bahwa "1 juta etnis Uighur dan lainnya diyakini ditahan di fasilitas serupa kamp internir di Xinjiang."

Pejabat China membantah pendefinisian "kamp internir" yang diberikan panel PBB, dan menyebut fasilitas itu sebagai "pusat pelatihan vokasional dan deradikalisasi" yang menampung "sejumlah warga yang terinfeksi ekstremisme dan radikalisme."

Beberapa pejabat China juga mengatakan bahwa fasilitas itu diperlukan "demi stabilitas pembangunan di Xinjiang yang selama beberapa tahun terakhir kerap dilanda kekerasan yang menelan korban jiwa yang dilakukan oleh orang-orang yang terjangkit ekstremisme, radikalisme dan separatisme" --menurut informasi yang diperoleh langsung oleh Liputan6.com saat mengunjungi Xinjiang akhir Februari 2019.

Komisioner Bachelet, yang mempresentasikan laporan tahunannya kepada Dewan HAM PBB di Jenewa pada 6 Maret 2019, mengatakan stabilitas dan pembangunan di Xinjiang dapat dibantu oleh kebijakan yang menunjukkan penghormatan pihak berwenang terhadap hak-hak minoritas.

"Area ini berada di pusat Inisiatif Belt and Road (Jalur Sutera Baru), memungkinkan koridor tanah ke Asia Tengah, Asia Selatan dan Eropa, dan saya yakin bahwa stabilitas dan keamanan di kawasan ini dapat difasilitasi oleh kebijakan yang menunjukkan penghormatan pihak berwenang terhadap hak-hak semua orang," kata Bachelet seperti dikutip dari Radio Free Europe (terafiliasi Voice of America), Jumat (8/3/2019).

China menghadapi kecaman dari negara Barat dan komunitas pegiat HAM atas kebijakannya terhadap kelompok minoritas di Xinjiang yang diduga melanggar hak asasi kelompok Uighur dan etnis minoritas lain --seperti Kazakh, Kirgiz, dan lainnya.

Koleksi etnis Uighur, Kazakh, Kirgiz, dan etnis minoritas lain di Museum Xinjiang atau museum sejarah wilayah barat di Urumqi (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Namun, Beijing bersikukuh bahwa kebijakan tersebut merupakan upaya untuk mencegah ekstremisme di wilayah barat yang terpencil akibat "maraknya ajaran yang tidak masuk akal" dari para ekstrimis di sana yang telah mengubah beberapa orang menjadi "pembunuh."

Xie Zhangwei, seorang sekretaris pertama untuk misi diplomatik China di Markas PBB di Jenewa, mengatakan kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB pada hari Selasa bahwa China menentang "ekstremisme", diskriminasi, kekerasan atau intoleransi.

"Berbagai kelompok agama, beriman dan tidak beragama, saling menghormati satu sama lain dan hidup dalam harmoni," tambahnya seperti dikutip dari Al Jazeera.

Sementara itu, Wakil Presiden Asosiasi Islam China (organisasi Islam yang disponsori pemerintah) Abdul Amin Jin Rubin, apa yang diberitakan dan dilaporkan oleh Barat tentang Uighur adalah sesuatu yang tidak sesuai kenyataan dan cenderung berlebihan.

"Saya pikir tidak ada pelanggaran hak asasi manusia ataupun diskriminasi terhadap Uighur di Xinjiang," kata Jin Rubin melalui penerjemah kepada beberapa media Indonesia di Beijing, 18 Februari 2019.

"Di Xinjiang ada aktivitas pemberantasan terorisme dan aktivitas kekerasan lainnya, tapi hal itu tidak khusus menargetkan kelompok etnis atau agama tertentu," tandas pria yang juga berprofesi sebagai dosen Sastra Arab di Institut Islam China.

"Fasilitas edukasi dan pelatihan murni bersifat vokasional dan tidak secara langsung menargetkan kelompok partikular ... dan sejauh ini, program itu telah efektif menstabilkan kondisi (di Xinjiang)," tambah Abdul Amin Jin Rubin.

 

Simak video pilihan berikut:

Pakar Kebebasan Beragama PBB Juga Minta Akses

Gedung utama pusat pelatihan vokasional di di Atush, Prefektur Otonomi Kizilsu Kirgiz, Wilayah Otonomi Xinjiang-Uighur (XUAR) (Rizki Akbar Hasan / Liputan6.com)

Penyelidik PBB untuk kebebasan beragama juga telah meminta China untuk mengizinkannya mengunjungi Xinjiang demi melihat tentang kondisi Uighur di provinsi terbarat Tiongkok tersebut.

China juga belum menjawab permintaan yang ia ajukan pada Februari 2019 lalu, lanjutnya seperti dikutip dari Al Jazeera, 8 Maret 2019.

Shaheed, seorang mantan menteri luar negeri Maladewa, mengungkapkan bahwa ia berada di antara beberapa pakar hak-hak PBB yang menulis surat ke China November lalu guna menyuarakan kecemasan pada programnya yang menargetkan "ekstrimisme".

Surat yang juga ditandatangani oleh penyelidik PBB lain, mengangkat isu tentang dugaan penahanan sewenang-wenang, penghilangan, kebebasan berekspresi, masalah minoritas, dan melindungi hak-hak sambil melawan "terorisme".

"Saya menulis ke China bersama dengan beberapa pelapor lainnya tentang undang-undang 'ekstremifikasi' yang mereka laksanakan yang menghasilkan --menurut beberapa laporan-- jutaan orang diinternir," kata Shaheed.

"Keprihatinan yang kami ajukan pertama-tama adalah bahwa undang-undang itu terlalu luas dan menargetkan kegiatan yang pada dasarnya dilindungi oleh komunitas, dalam hal hak mereka untuk berpikir, hati nurani dan keyakinan. Jadi, berbagai macam pelanggaran terjadi di komunitas ini," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Target Tol Bakauheni-Palembang Beroperasi Fungsional Lebaran 2019

Posted: 07 Mar 2019 10:18 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno menargetkan, Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Palembang sepanjang 363,11 km bisa beroperasi fungsional pada Lebaran 2019.

Menurut catatan yang diterimanya, ada sedikit masalah pengerjaan di wilayah Terbanggi Besar, Lampung, akibat banyak terhampar rawa. Namun, ia tetap optimistis ruas tol tersebut bisa beroperasi fungsional ketika Lebaran.

"Di Terbanggi Besar itu memang cukup banyak ada rawa-rawa. Makanya itu yang sedikit lambat. Tapi insyaAllah untuk Lebaran bisa dipakai fungsional," ucap dia saat meninjau Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Lampung, Jumat (8/3/2019).

Dia pun berharap, Tol Bakauheni-Palembang bisa beroperasi penuh pasca Lebaran. "Kalau selesainya kita harapkan akhir Juli. Jadi itu berarti kita 4,5 tahun selesai sampai Palembang," sambungnya.

Adapun keyakinan ini diperkuat oleh keberhasilan menyelesaikan rute ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,9 km hanya dalam waktu 4 tahun. 

"Kita sebagai BUMN cukup bangga, karena pengerjaan ini dimulai dari 0. Jadi tahun 2015 itu pas permulaan proyek, penlok (penentuan lokasi) aja belum ada," ungkap dia.

Rini lantas menceritakan, awal mula pengerjaan proyek pada 2015 yang minim persiapan. Pada saat itu, tim belum banyak memulai langkah seperti memutuskan penentuan lokasi hingga proses pembebasan lahan.

Pemerintah kemudian mengutus empat BUMN Karya untuk mengerjakan proyek secara serentak. Adapun keempat kontraktor itu antara lain PT Hutama Karya (Persero), PT PP (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, dan PT Adhi Karya (Persero Tbk).

"Jadi waktu itu kita bikinnya barengan, sehingga sudah yang kerja di ujung tol hingga tengah-tengah sudah mulai bekerja. Jadi Alhamdulillah 4 tahun serentak selesai," pungkas dia.

 

Jokowi Resmikan Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Bakauheni-Terbanggi Tinggi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Tinggi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Tinggi. Ruas Bakauheni-Terbanggi Tinggi memiliki panjang 140,9 kilometer sehingga menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia.

Peresmian Jalan Tol Trans Sumatera wilayah Lampung yang diresmikan Kepala Negara berlangsung di Gerbang Tol Natar sektor I. Jokowi didampingi oleh Ibu Negara Iriana.

"Dengan mengucap Bismillah, saya resmikan jalan tol Bakauheni-Tebanggi Tinggi," ujar Jokowi di lokasi, Jumat 8 Maret 2019.

Jalan tol ruas Bakauheni - Terbang Tinggi ini akan dilengkapi dengan fasilitas Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Jalan Tol atau Rest Area seperti SPBU, toilet, mushola, restoran atau tempat makan, fasilitas isi ulang (touang elektronik, serta fasilitas penunjang lainnya.

Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 Triliun. Dalam pelaksanaannya, proyek tol Bakauheni-Terbanggi Besar ini juga menyerap banyak tenaga kerja yakni sebanyak kurang lebih 3.200 orang tenaga konstruksi dan 231 orang tenaga operasi.

Pembangunan tahap pertama terdiri atas 8 ruas yang terbagi menjadi empat ruas awal yakni, Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Pekanbaru-Dumai, dan Bakauheni-Terbanggi Besar.

Empat ruas lainnya Terbanggi Besar-Pematang Panggang, Pematang Panggang-Kayu Agung, Palembang-Tanjung Api-Api dan Kisaran-Tebing Tinggi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suara Finalis Puteri Indonesia 2019 Elsa Kaize untuk Remaja di Papua

Posted: 07 Mar 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Ketika ditanya mengenai mimpi terbesarnya, Elsa Kaize menjawab dengan percaya diri bahwa ia ingin jadi perempuan berkulit hitam dan berambut keriting pertama yang memenangkan Puteri Indonesia.

Bila Elsa kampiun, ia akan mendedikasikan prestasi tersebut untuk ibunya. Finalis yang mewakili Papua ini hanya tinggal berdua bersama sang ibu sejak masih kecil. Selain itu, Elsa juga berharap bisa jadi inspirasi bagi perempuan di Indonesia Timur bila ia berhasil menyabet gelar tersebut.

Elsa memperhatikan, HIV/AIDS dan diskriminasi adalah isu yang tengah marak di Papua. "Penyebaran virus HIV/AIDS di Papua sangatlah tinggi," terang Elsa saat ditemui di daerah Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Maret 2019. Akibatnya, Papua menempati peringkat pertama di Indonesia dengan angka penderita HIV/AIDS terbanyak.

Karena itulah, pemilik nama lengkap Elsa Irwanti Elisabeth Kaize ini ingin menekan angka penyakit nahas tersebut melalui sosialisasi yang dijalankan. "Harapannya, mereka sadar bahwa melakukan hubungan seks di luar nikah akan membawa risiko yang besar terhadap diri mereka," tuturnya.

Finalis Puteri Indonesia 2019 ini ingin remaja di Papua tidak melakukan hubungan seks dengan sukarela, apalagi mereka masih di bawah umur sehingga kehilangan masa depan. "Dengan mengadakan sosialisasi di sana, saya berharap bisa menekan angka penyebaran HIV di Papua," harap Elsa.

Juga, gadis yang bekerja sebagai pramugari ini ingin menghapuskan kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan di Papua. Ia mengungkap bahwa perempuan di sana sering mengalami kekerasan seksual.

"Wanita di Papua takut untuk bersuara," ungkap Elsa. Menurut pandangannya, suami mereka yang merantau umumnya pulang hanya untuk melakukan kekerasan terhadap sang istri.

Karenanya, Elsa Kaize sangat berambisi mengejar impiannya di ajang Puteri Indonesia 2019. Ia juga ingin mengajak para remaja di Papua untuk terlibat dalam kegiatan sosial dan keagamaan. (Esther Novita Inochi)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Merayu Wanita dengan Cerdas Ini Buat Kamu Tak Terlihat Agresif

Posted: 07 Mar 2019 10:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Bagi kaum pria saat tertarik dengan seorang wanita pasti akan melakukan segala hal agar bisa mendapatkannya. Tak terkecuali jika harus merayu para wanita. Namun tentu saja tak semua orang pandai untuk merayu.

Memikat hati seorang wanita pun bisa dikatakan susah-susah gampang. Karena kamu perlu menemukan cara yang pas agar sang wanita tertarik pula dengan kamu. Kamu memerlukan trik untuk memikat hati seorang wanita. Nah, mengerti cara merayu wanita bisa jadi salah satu tips untuk mendapatkan hatinya.

Kamu mungkin pernah pula mengalami penolakan saat sedang melancarkan aksi rayuan dengan si dia. Akan tetapi yang perlu kamu ingat, jangan coba untuk menyerah. Mungkin jika rayuan sebelumnya tak berhasil, kamu bisa mencoba cara merayu wanita yang lainnya.

Yang perlu kamu tahu cara merayu wanita dengan benar ialah jangan terlalu berlebihan atau lebay. Kamu tak perlu untuk menggunakan kata-kata manis berlebihan, karena jika terlalu belebihan, kamu justru akan di cap sebagai pria agresif. Kamu hanya perlu tahu bagaiman cara merayu wanita dengan cerdas agar sang wanita bisa menaruh perhatian pada kamu Untuk kamu yang penasaran bagaimana cara merayu wanita agar tak terlihat agresif, Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019). Kamu bisa menyimak cara merayu wanita dengan cerdas agar kamu tidak terlihat agresif serta berlebihan.

1. Lakukan dengan perlahan

Cara Merayu Wanita (Sumber: iStockphoto)

Jika kamu ingin menarik perhatian sang wanita, cara yang pertama ialah melakukannya dengan perlahan. Kamu tak perlu untuk terburu-buru mendekati sang wanita. Selain itu, saat mulai tahap pendekatan janganlah menjadi seseorang yang dominan. Biarkanlah sang wanita yang lebih banyak untuk bercerita. Meskipun begitu, kamu pun perlu untuk menyimak apa yang dibicarakan dan menanggapainya.

2. Berikan perhatian penuh.

Cara Merayu Wanita (Sumber: iStockphoto)

Cara merayu wanita lainnya ialah dengan memberikan perhatian penuh terhadap sang wanita. Tentu saja cara ini dilakukan bukan hanya saat berhadapan langsung dengannya. Kamu juga bisa memberikan perhatian lewat chat ataupun pesan singkat.

Jika kamu sedang berhadapan langsung dengan sang wanita, cobalah melakukan kontak mata secara langsung. Melakukan kontak mata secara langsung terhadap sang wanita mampu membuat kamu mendapatkan perhatiannya. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan senyum terbaik kamu agar para wanita tersebut merasa nyaman. Sedangkan memberikan perhatian lewat chatting, buatlah obrolan tersebut tidak kaku.

3. Rayu wanita dengan kelebihannya

Salah satu cara merayu wanita ialah dengan memuji kelebihan yang dimiliki olehnya. Jika kamu telah mengetahui kepribadian baik darinya, kamu bisa menggunakan hal tersebut menjadi bahan rayuan. Namun tentu saja jangan lakukan rayuan dengan kata-kata yang berlebihan. Cobalah untuk merayunya dengan kata-kata manis namun tidak basi dan membuat canggung antara kamu dan si dia.

Selain itu, kamu pun bisa memberikan pujian terhadap kepribadian yang dimiliki oleh sang wanita. Karena tentu saja, setiap wanita pasti senang jika mendapatkan pujian yang tulus. Selain itu mendapatkan pujian yang tulus dari seorang pria memiliki arti tersendiri loh.

4. Lemparkan candaan ringan.

Cara Merayu Wanita (Sumber: pixabay)

Saat kamu merayu seorang wanita, kamu bisa loh melemparkan sebuah candaan pada sang wanita. Tentu saja hal ini dilakukan untuk lebih mencairkan suasana dan juga bisa membuat si wanita merasa nyaman. Kamu pun bisa loh memulai dengan candaan ringan. Jika si wanita tertawa dengan tulus bisa jadi ia menyukai seseorang yang senang lucu dan suka humor.

Namun tentu saja jangan membuat sebuah guyonan atau pun candaan yang garing ya. Karena bisa jadi si wanita justru menganggap kamu aneh dan membosankan. Jadi kamu harus memperhatikan selera humor yang akan kamu keluarkan. Tentu saja jangan mengeluarkan humor yang terlalu berlebihan.

5. Percaya diri.

Salah satu cara merayu wanita yang harus kamu miliki ialah percaya diri. Bagaimana kamu akan merayu wanita ataupun mendekati seorang wanita jika kamu tidak memiliki rasa percaya diri. Tentu saja kamu harus percaya diri dari segi penampilan dan juga kepribadian. Karena jika kamu terlihat percaya diri, maka sang wanita akan menilai, bahwa kamu memiliki karakter yang kuat.

Dalam hal penampilan percaya diri juga patut untuk kamu punya. Selain itu, kamu pun harus terlihat charming. Saat berhadapan dengan sang wanita, sebaiknya sikap percaya diri yang kamu miliki inii mampu membuat kamu menjadi pribadi yang hangat.

Selain itu, meskipun sebaiknya kamu memiliki sikap percaya diri, akan tetapi jangan sampai membuat sikap percaya diri kamu ini justru membuat si dia menjaga jarak. Tentu saja jika sikap percaya diri yang kamu tunjukan terlalu berlebihan, maka si wanita justru akan bersikap menjaga jarak ataupun membangun benteng.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aktivitas Wanita Korea Utara di Hari Perempuan Internasional

Posted: 07 Mar 2019 10:15 PM PST

Seorang pedagang menyiapkan karangan bunga untuk pelanggan ketika sejumlah wanita menandai Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). (AP Photo/Dita Alangkara)

Seorang pedagang menyiapkan karangan bunga untuk pelanggan ketika sejumlah wanita menandai Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). (AP Photo/Dita Alangkara)

Keluarga foto bersama saat  memperingati Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). Hari Perempuan Internasional jatuh pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. (AP Photo/Dita Alangkara)

Keluarga foto bersama saat memperingati Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). Hari Perempuan Internasional jatuh pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. (AP Photo/Dita Alangkara)

Seorang wanita terlihat di kaca jendela sebuah kios yang menjual bunga dalam perayaan Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). (AP Photo/Dita Alangkara)

Seorang wanita terlihat di kaca jendela sebuah kios yang menjual bunga dalam perayaan Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). (AP Photo/Dita Alangkara)

Sejumlah wanita berjalan melewati gerbang Kebun Binatang Pusat Korea saat perayaan Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). (AP Photo/Dita Alangkara)

Sejumlah wanita berjalan melewati gerbang Kebun Binatang Pusat Korea saat perayaan Hari Perempuan Internasional di Pyongyang, Korea Utara, Jumat (8/3). (AP Photo/Dita Alangkara)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Model Mini Ini Jadi Andalan Selama Tahun 2018

Posted: 07 Mar 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mini melakukan beragam strategi untuk menarik minat konsumen di Indonesia. Strategi tersebut adalah merakit lokal Countryman dan menambah dealer. Baru-baru ini Mini memperkenalkan Pop-up Store Mini di kota Bandung sekaligus meluncurkan varian terbatas dari Mini Cooper S 3-Door Black Edition.

Dengan menghadirkan berbagai kebijakan strategi tersebut, tentu diharapkan dapat meningkatkan angka penjualan Mini yang setiap tahunnya terus mengalami tren positif. Menurut data Gaikindo, pada tahun lalu Mini berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 258 unit. Dari angka penjualan tersebut masih didominasi oleh Mini Cooper 3-Door dan Mini Cooper Countryman.

Tahun lalu, Mini Cooper 3-Door mencatatkan angka penjualan 77 unit, sedangkan Mini Cooper Countryman berhasil terjual sebanyak 95 unit.

Lalu, bagaimana dengan penjualan tahun ini?

Menurut Jodie Otania selaku Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia mengungkapkan, Untuk tahun ini hingga bulan Februari 2019, penjualan masih didominasi oleh Mini versi 3-Door dan Mini versi Countryman. Menariknya peningkatan cukup signifikan terjadi pada Mini Countryman.

Peningkatan signifikan terhadap Mini Countryman nampaknya tidak terlepas dari dirakitnya varian ini di Indonesia yang membuat harganya menjadi lebih murah. Selain itu, karakteristik dari Countryman yang nyaman, memiliki ruang kabin yang cukup besar, serta ground clearance yang cukup tinggi dinilai juga menjadi pengaruh terhadap tingginya angka penjualan dari Countryman.

 

Selanjutnya

Sementara itu, Joe Surya selaku President Director PT Maxindo International Nusantara Indah pun menyampaikan pendapatnya, memang hingga saat ini di Jakarta sepertinya masih akan didominasi oleh Mini Countryman, namun untuk kota Bandung saya memprediksi Mini 3-Door akan lebih banyak diminati.

MINI Indonesia sendiri berharap bahwa pada tahun ini, penjualan mereka akan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin meningkatnya jumlah layanan penjualan dan purna jual MINI di Indonesia.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Makanan Khas Maluku yang Wajib Kamu Coba, Asli Bikin Ketagihan

Posted: 07 Mar 2019 10:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang paling menarik dari traveling adalah mencicipi makanan lokalnya. Indonesia merupakan negara dengan sejuta keindahan, suku dan budaya. Semua wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing yang membedakan daerah satu dengan daerah yang lain.

Makanan khas memang salah satu daya tarik yang begitu menggoda untuk dicicipi jika seseorang berkunjung ke suatu daerah. Kurang lengkap rasanya kalau sudah tiba di suatu tempat tapi enggak mencoba makanan khasnya.

Salah satu daerah Indonesia yang mempunyai makanan khas yang lezat adalah Maluku. Maluku menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya ini merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah dan makanan khasnya yang berbahan dasar ikan.

Pada zaman dahulu, penduduk Eropa memberi sebutan Maluku sebagai "Kepulauan Rempah-rempah" dikarenakan provinsi Maluku menjadi penghasil rempah-rempah terbaik, seperti cengkeh dan pala.

Di samping itu, Maluku juga terkenal akan hasil lautnya yang melimpah. Berikut makanan khas maluku yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

1. Papeda

Papeda

Makanan khas Maluku ini tersohor berasal dari Maluku dan Papua. Bahan dasarnya adalah tepung sagu, yang dimasak hingga terlihat seperti bubur. Teksturnya kental dan lengket, dengan warna putih serta rasanya tawar.

Sekilas penampilannya mirip lem kertas. Makanan khas Maluku ini biasanya disantap bersama ikan tongkol, yang sudah ditambahkan bumbu kunyit. Kandungan serat di dalam papeda sangat tinggi, tapi rendah kalori.

Cara memakannya sangat unik, dengan cara menyeruputnya dari piring. Bisa juga dengan menggulungnya menggunakan sumpit. Bagi yang tidak terbiasa biasanya merasa kesulitan. Tapi itulah keunikan, yang mungkin kamu belum pernah merasakannya.

2. Ikan Asar

Makanan khas Maluku ikan asap atau ikan asar diolah secara sederhana, dengan cara diasap. Ikan yang digunakan biasanya adalah ikan cakalang dan ikan tuna. Karena dagingnya lebih tahan ketika proses dan sesudah pengasapan.

Makanan khas Maluku ini sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Karena ikan asar memiliki daya tahan hingga tujuh hari. Kudapan ini makin serasi rasanya, kalau disantap bersama nasi, dan sambal colo-colo (sambal khas Maluku).

 

3. Gohu Ikan

Kalau di Jepang ada sashimi, di Ternate (Maluku Utara) ada Gohu Ikan, yang merupakan makanan khas Maluku berbahan dasar daging ikan mentah. Ikan cakalang dan ikan tuna jadi pilihan favoritnya.

Cara pembuatannya terbilang mudah, dengan memotong daging ikan seperti dadu. Kemudian mencucinya, dan melumurinya dengan perasan lemon, dan garam.

Sesudah proses itu bisa menambahkan daun kemangi. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat. Biar menambah selera, biasanya ditambahkan bumbu tumisan cabe rawit, dan bawang merah yang dirajang. Bumbu itu dituangkan di atas ikan, dan siap dinikmati.

4. Ikan Kuah Pala Banda

Makanan khas Maluku ikan kuah pala banda adalah kreasi kuliner yang wajib dicicipi. Sesuai namanya, kudapan ini berasal dari Kepulauan Banda, Maluku Tengah. Di mana daerah ini sangat terkenal sebagai penghasil komoditi rempah-rempah, yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda.

Makanan khas Maluku ini menggunakan bahan dasar ikan kerapu atau ikan kakap. Berbagai bumbu digunakan, seperti merica, pala, dan jenis rempah lainnya.

Rasanya asam berkolaborasi dengan rasa pedas. Dulunya, makanan ini adalah hidangan istimewa untuk para pejabat Belanda. Makanan khas Maluku ini makin nikmat disantap bersama nasi, ulang-ulang, dan sambal bekasang.

5. Nasi Lapola

Nasi lapola adalah bukti makanan khas Maluku, yang menjadi makanan pokok sebagian masyarakatnya. Bahan dasarnya adalah beras, parutan kelapa muda, dan kacang tolo. Makanan khas Maluku ini disantap berbarengan dengan lauk, seperti kohu-kohu (olahan ikan teri atau tongkol basah), dan lalapan mentah.

Memasak berasnya harus menggunakan api kecil, agar hasilnya lebih bagus. Beras dimasak hingga setengah matang, dan ditambahkan pula kelapa parut yang sudah diberikan bumbu bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan jeruk nipis.

Sesudah itu, adonan nasi lapola dikukus sampai matang. Biasanya juga dinikmati dengan sambal colo-colo. Sambal khas Maluku dengan komposisi kecap, bawang merah, cabai rawit, dan tomat.

6. Woku Komo-Komo

Pernah coba makanan khas asal Manado, Ayam Woku? Kalau belum, coba deh betapa enaknya menu andalan Heat and Eat ini. (Foto: eatinguntildiee.blogspot.co.id)

Makanan khas Maluku ini terbuat dari tepung, yang merupakan hasil olahan dari teras batang rumbia. Sehingga woku komo-komo sebenarnya lebih cocok sebagai lauk makanan pokok. Proses pembuatannya dengan merendam sagu di dalam air.

Supaya meningkatkan citarasanya digunakan beragam bumbu pilihan, seperti jahe, serai, bawang putih, yang ditumis bersamaan. Kemudian ditambahkan juga jeroan ikan dan juga air.

Semuanya dimasak sampai terlihat matang. Lalu, bawang putih dan bawang merah ditumis sampai nampak kecoklatan. Selanjutnya, menambahkan irisan daun bawang, merica, garam, dan santan kental.

Sesudah matang, sagunya didiamkan terlebih dahulu hingga dingin. Jeroan ikannya dipotong-potong seperti bentuk dadu. Seterusnya jeroan ikan dan sagu yang sudah dipotong-potong dibungkus dengan daun woka.

Tahapan terakhir adalah memanggang bungkusan daun woka tersebut menggunakan bara api. Panggang sampai terlihat kering daunnya, sebagai pertanda makanan sudah matang. Selain dikenal dengan sebutan woku komo-komo, kudapan ini juga dikenal dengan nama sagu komo-komo.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Merosot Imbas Kebijakan Bank Sentral Eropa

Posted: 07 Mar 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) usai libur Nyepi. Hal tersebut didorong penguatan dolar AS usai longgarnya kebijakan bank sentral Eropa.

Kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah melemah 94 poin atau 0,66 persen ke posisi 14.223 per dolar AS dari periode sama tahun sebelumnya 14.129 per dolar AS pada 6 Maret 2019.

Sementara itu, data Bloomberg menunjukkan rupiah merosot 82 poin atau 0,57 persen ke posisi 14.224 per dolar AS dari penutupan perdagangan sebelumnya 14.142 per dolar AS.

Pada Jumat siang ini, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS berada di posisi 14.279. Sepanjang Jumat pekan ini, rupiah bergerak di posisi 14.220-14.279 per dolar AS.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menuturkan, dolar AS lanjutkan penguatan dan euro melemah setelah rapat bank sentral Eropa (ECB) yang hasilnya kurang agresif.

Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi merevisi pertumbuhan ekonomi jadi 1,1 persen. Selain itu, suku bunga bank sentral Eropa akan bertahan. Ditambah pertumbuhan ekonomi global melambat.

"Dolar AS lanjutkan penguatan, euro tertekan, sehingga dipengaruhi oleh rapat bank sentral Eropa yang dovish," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (8/3/2019).

Selain itu, China merilis data neraca perdagangan yang cetak surplus. Akan tetapi, surplus neraca perdagangan China menyusut. "Ekspor China turun sekitar 20 persen pada Februari dan pengaruhi mata uang Asia," kata dia.

Sedangkan dari sentimen domestik belum mampu angkat nilai tukar rupiah. Bank Indonesia (BI) baru merilis cadangan devisa Februari yang naik USD 3,2 miliar menjadi USD 123,3 miliar. "Sentimen domestik belum offside eksternal pasca rapat bank sentral Eropa dan data China," ujar dia.

Josua perkirakan, rupiah bergerak di posisi 14.200-14.300 per dolar AS. Pelaku pasar juga masih menunggu rilis data tenaga kerja dan pengangguran AS.

 

Cadangan Devisa pada Februari 2019

Petugas menata tumpukan uang kertas di Cash Center Bank BNI di Jakarta, Kamis (6/7). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada sesi I perdagangan hari ini masih tumbang di kisaran level Rp13.380/USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

SebelumnyaBank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia naik USD 3,2 miliar dari posisi USD 120,1 miliar pada akhir Januari 2019 menjadi USD 123,3 miliar pada akhir Februari 2019.

Posisi cadangan devisa itu setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan.

"Peningkatan cadangan devisa pada Februari 2019 terutama dipengaruhi oleh penerbitan sukuk global pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan, dalam laman BI, Jumat 8 Maret 2019.

Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Makanan Ringan dengan Rasa Tak Biasa, Berani Coba?

Posted: 07 Mar 2019 10:01 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu orang yang suka nyemil? Kira-kira apa saja makanan ringan yang sering kamu konsumsi? Cokelat, keripik kentang, atau es krim? Hmm... Pasti jadi pengen ngemil, kan, dengarnya.

Mungkin jika kamu melihat 12 makanan ringan dengan varian rasa yang tidak biasa ini, kamu akan berpikir dua kali untuk ngemil, lho. Berikut beberapa makanan ringan dengan varian rasa unik dari seluruh dunia:

1. Es krim rasa spaghetti dari Jepang. Rasanya seperti apa ya?

sumber: boredomtherapy.com

2. Cheetos rasa jagung bakar biasanya jadi rasa favorit. Namun kalau ada cheetos rasa salad alpukat ini, hmm...

sumber: boredomtherapy.com

3. Wah, bisa kebayang nggak ya kitkat yang biasanya rasa coklat kali ini diganti dengan pedasnya rasa wasabi.

sumber: boredomtherapy.com

4. Ini nih yang bikin penasaran banget, es krim yang dilengkapi dengan potongan daging kuda mentah! Punya nyali untuk mencobanya?

sumber: boredomtherapy.com

5. Minum minuman kaleng sambil merasakan lezatnya pancake. Nyam!

sumber: boredomtherapy.com

6. Para pecinta donat harus nyoba, nih. Donat dengan topping wasabi keju dan topping rumput laut keju.

sumber: boredomtherapy.com

7. Pernah kebayang nggak makan kitkat bareng makan jagung bakar? Nggak usah bayangin lagi, produk kitkat dari Jepang ini perlu kamu cobain.

sumber: boredomtherapy.com

8. Filling donat apa yang paling kamu suka? Filling donat ini adalah saus tomat yang pedas. Berani coba?

sumber: boredomtherapy.com

9. Loh, ini Kopi apa Pepsi? Pepsi dengan varian rasa cappuccino ini bikin bingung.

sumber: boredomtherapy.com

10. Es krim Hagen-Daazs mengeluarkan varian rasa yang unik, dan tentu menyehatkan. Es krim dengan rasa tomat dan wortel.

sumber: boredomtherapy.com

11. Pasti kamu nggak pernah nyoba minuman dengan varian rasa unik ini. Minuman dingin dengan rasa pizza dan spaghetti. Gimana rasanya ya?

sumber: boredomtherapy.com

12. Quessadilla terkenal dengan isinya yang berupa ayam atau daging atau tomat yang lezat. Namun, quessadila isi cokelat mungkin lebih lezat?

sumber: boredomtherapy.com

Bagaimana? Berani untuk menantang lidah dan perut Anda dengan makanan ringan yang memiliki rasa unik di atas?

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Kehilangan Jutaan Pengguna, Instagram Malah Melonjak

Posted: 07 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Satu atau dua tahun belakangan, Facebook memang mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah keamanan data pribadi, iklan yang bermasalah, sampai ke masalah penyebaran hoaks.

Tak mengejutkan, banyak pengguna yang meninggalkan platform media sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut.

Menurut laporan terbaru dari Edison Research, ada jutaan orang yang berhenti menggunakan Facebook dengan berbagai rentang usia.

Pengguna dengan usia 12-34 tahun dilaporkan mengalami penurunan yang stabil, sementara 35-54 tahun terlihat tak begitu mengalami penurunan, dan uniknya jumlah pengguna usia 55 tahun ke atas justru meningkat.

Sebagaimana dikutip dari Android Authority, Jumat (8/3/2019), jika dihitung persentasenya, jumlah pengguna Facebook diperkirakan menurun 15 juta pengguna.

Angka ini menunjukkan ada sekitar enam persen populasi di Amerika Serikat menutup permanen akun mereka selama dua tahun terakhir.

Namun ini bukan hal yang terlalu buruk bagi Facebook. Pasalnya, banyak orang yang pindah dari Facebook ke platform lain seperti Instagram, Snapchat, Pinterest, dan Twitter.

Pengguna Instagram Malah Melonjak

Ilustrasi Instagram. (via: istimewa)

Instagram sendiri merupakan media sosial yang berada dalam grup Facebook. Menurut data dari penelitian Edison Research, di tahun 2015, jumah pengguna Facebook di AS (dengan usia di atas 12 tahun) mencapai 65 juta.

Angka ini terus menurun pada 2016 (62 juta), 2017 (62 juta), 2018 (57 juta), hingga pada 2019 menurun jadi 52 juta.

Meski begitu jumlah pengguna Instagram menangalami kenaikan seiring dengan turunnya jumlah pengguna Facebook. Sebagai perbandingan pengguna Instagram berusia di atas 12 tahun pada 2015 sebesar 7 juta.

Riset yang menyebut Facebook kehilangan banyak pengguna, sementara jumlah pengguna Instagram juga melonjak (Foto: Android Authority)

Sementara pada 2019, jumlah pengguna Instagram di AS naik jadi 16 juta. Pengguna Snapchat 13 juta, Pinterest 5 juta, dan Twitter naik jadi 5 juta user.

Pertumbuhan Instagram memang mengesankan selama beberapa tahun terakhir. Sehingga bisa dibilang kalau kenaikan Instagram telah menebus beberapa kerugian di Facebook. Pendapatan iklan pun bisa bergerak bolak balik antara kedua medsos tersebut.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Ekstrem Kakek 73 Tahun di NTT karena Depresi

Posted: 07 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Kupang - Seorang kakek di kampung Tungga, Desa Renda, Kecamatan Satar Mese Utara, Manggarai, NTT nekat menggorok leher sendiri hingga tewas, Kamis (7/3/ 2019).

Korban yang diketahui bernama Kornelis Engkong (73) ini diduga mengalami depresi karena sakit yang dideritanya tak kunjung sembuh.

Kepala Humas Polres Manggarai, IPDA Daniel Djihu saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Dirinya mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 15.30 Wita pada Kamis, 7 Maret 2019. Aksi nekat kakek itu awalnya diketahui anak kandung korban, Martinus Manje (15). Saat hendak ke dapur, pelajar itu mendapati ayahnya berlumuran darah.

Melihat kondisi ayahnya, Martinus langsung memanggil ibunya, dan meminta bantuan warga setempat untuk mengantar korban ke Puskesmas. Sayang, nyawa korban tidak terselamatkan.

"Korban sudah empat kali melakukan percobaan bunuh diri. Menurut keterangan istri korban, korban depresi karena sakit strokenya tak pernah sembuh," kata Daniel kepada Liputan6.com, Jumat (8/3/2019).

Daniel menambahkan, keluarga korban menolak diautopsi dan menerima kepergian sang kakek secara ikhlas. Saat ini jenazah korban sudah diserahkan ke keluarga untuk disemayamkan. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berbagai Risiko yang Intai Pasien Transplantasi Sumsum Tulang

Posted: 07 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Transplantasi sumsum tulang seperti yang bakal dijalani Ani Yudhoyono bukan tanpa risiko. Walaupun sudah banyak dilakukan, tetap saja prosedur ini rumit dan tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Ahli kanker dokter Andhika Rachman mengungkapkan faktor keberhasilan dalam transplantasi sumsum tulang dilihat dari banyak hal. Tiga di antaranya adalah pasien, pendonor, serta layanan kesehatan.

Selain itu, pasien juga harus tetap menjalani perawatan dan pemantauan pasca prosedur tersebut untuk melihat apakah sel kanker kembali atau ada reaksi penolakan atau tidak.

"Ketika belum menjalani transplantasi pun (tetap ada risiko), karena dia kan kemoterapi. Namanya kemo ablatis kalau kita bilang. Ini artinya sumsum tulang akan benar-benar habis sehingga tidak menghasilkan sel darah merah, darah putih, atau trombosit," kata Andhika ketika dihubungi Health Liputan6.com Jumat (8/3/2019).

Kondisi pasien tersebut membuat pasien lebih rentan terserang penyakit karena imunitas tubuh menurun. Maka dari itu, orang tersebut mau tidak mau harus berada dalam ruangan yang steril selama menjalani perawatan yang dia terima.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Rambut rontok hingga diare

Berbagai risiko mengintai pada orang yang akan menjalani transplantasi sumsum tulang (Ilustrasi/iStockphoto)

Saat berada dalam kamar steril ini bisa membuat seseorang terkena depresi. Pasien sulit melakukan kontak secara langsung dengan pembesuknya baik keluarga atau temannya.

"Kontak hanya lewat kaca, memakai masker, setiap hari dia harus menjalani sterilisasi seperti mandi dengan Betadine dan yang lainnya," ungkap Andhika.

Selain itu, kemoterapi yang harus dijalani pasien sendiri juga akan mengalami kerontokan rambut akibat sumsum tulang yang tidak lagi memproduksi sel-sel darah atau tubuh yang pertumbuhannya sangat cepat seperti rambut. Tidak hanya itu, ada kemungkinan pasien terkena diare tanpa henti serta penampilan yang berubah.

"Makan juga menjadi tidak ada rasanya. Dan yang paling menghantui adalah infeksi baik bakteri, jamur, virus, selalu menghantui. Jadi ketika kita melakukan transplantasi pasti bertaburan dengan antibiotik, antijamur, dan antivirus," kata Andhika.

Pasca transplantasi sendiri, pasien juga bisa saja terkena sel kanker lagi. Selain itu, reaksi penolakan bisa muncul jika produk darah yang didonorkan tidak sesuai dengan tubuh pasien karena jauhnya kekerabatan dengan pasien.

"Jika kekerabatannya jauh seperti sepupu, terjadinya reaksi penolakan akan tinggi."

"Yang dikhawatirkan juga adalah terjadinya graft-versus-host disease (GVHD). Jadi sumsum tulang yang diberikan dirusak oleh antibodi di tubuh. Ini yang ditakutkan karena dalam posisi itu pasien bisa saja meninggal karena proses tersebut," kata Andhika memaparkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bella Luna Rela Kembalikan Mahar Rp 2 Miliar

Posted: 07 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, nama Bella Luna tengah ramai diperbincangan publik. Pasalnya, wanita 25 tahun itu menikah dengan Eko Hendro Priyatno alias Nana, pria yang telah beristrikan wanita bernama Shirley dan memiliki anak.

Hotman Paris Hutapea mengundang Bella Luna dan kuasa hukum istri sah Nana sekaligus mantan suami Bella, Razman Arif Nasution, ke acara yang dipandunya dan tayang di salah satu televisi swasta.

Dalam pernikahannya, Bella Luna mendapatkan maskawin berupa sertifikat rumah senilai Rp 2 miliar. Razman Arif Nasution membeberkan bahwa Nana membeli mahar tersebut menggunakan uang keluarga kliennya.

"Nana bilang ke Shirley, mau pakai uang Rp 2 miliar karena ada yang mau pinjam. Kemudian diserahkanlah uang anak-anak 2 M. Katanya untuk perusahaan, tapi ternyata maharnya Bella 2 M, jadi istrinya merasa bahwa uang 2 miliar itu untuk beli mahar tersebut," papar Razman Arif Nasution, dalam tayangan saluran ini di YouTube, Kamis (7/3/2019).

Diminta Kembalikan Mahar

Bella Luna

Kuasa hukum menjelaskan bahwa setelah mahar tersebut dikembalikan, baru Nana akan diterima kembali menjadi bagian dari keluarga Shirley.

"Keluarga ini minta sertifikat, emas batangan, mobil kalau ada yang dikasih, diserahkan dahulu. Barulah Nana diterima kembali sebagai bagian dari keluarga," ujar Razman Arif Nasution.

Ingin Cari Suami yang Benar

Bella Luna (Liputan6.com/Rizky Aditya Saputra)

Tak mau ada keributan, Bella Luna mengatakan rela mengembalikan mahar tersebut. Pesinetron itu juga mengaku ingin mencari sosok suami yang lebih baik. Diketahui, sebelumnya Bella Luna juga pernah menikah dengan pria beristri. 

"Sekarang aku mau cari suami yang benar. Semua orang pasti butuh uang, dan aku secara gentle, aku enggak mau semua ribut, aku kembalikan mahar aku," ucap Bella Luna. (Lavenia/Mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal 5 Kertas Suara di Pemilu 2019

Posted: 07 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pemilu 2019 semakin dekat. Kamu sudah tahu kan kalo bakal ada 5 kertas suara di Pemilu 2019 nanti? Belum tahu? Yaudah kita kasih tahu deh.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Manajer Interim Terbaik di Liga Inggris

Posted: 07 Mar 2019 10:00 PM PST

Liputan6.com, London - Berstatus manajer pengganti di Liga Inggris tak lantas membuat para manajer ini kerja setengah hati. Malah, capaian mereka tak jarang melampaui manajer permanen yang dikontrak klub di awal musim.

Roberto Di Matteo misalnya. Ia sukses membawa Chelsea juara Liga Champions musim 2011/12, meski berstatus sebagai manajer pengganti.

Di Matteo naik pangkat sebagai manajer pengganti menggantikan Andre Villas-Boas yang dipecat. Bukan cuma gelar Liga Champions, pria asal Italia ini juga sukses membawa Chelsea meraih Piala FA.

Sayangnya, Di Matteo justru gagal melanjutkan kiprahnya saat didapuk menjadi manajer permanen pada Liga Inggris musim berikutnya. Alhasil, ia pun lengser di tengah musim.

Selain Di Matteo, ada tiga nama lain yang juga sukses sebagai manajer interim di Liga Inggris. Seperti dilansir Sportskeeda, berikut daftarnya.

 

1. Tim Sherwood

Tim Sherwood. (AFP PHOTO / Paul Ellis)

Tottenham Hotspur pernah mengalami gejolak pergantian manajer pada musim 2013. Pemecatan Andre Villas-Boas pada Desember 2013 membuat Spurs harus mencari pengganti.

Nama Tim Sherwood akhirnya dipilih menjadi manajer sementara. Dari 22 pertandingan tersisa, ia cukup sukses memimpin The Lily White -julukan Spurs.

Selama masa kepemimpinan Sherwood, Spurs hanya kalah enam pertandingan di Liga. Tak hanya itu, ia juga membawa Spurs finis di peringkat keenam sehingga lolos ke Liga Europa.

Namun oleh Spurs, kontrak Sherwood tidak diperpanjang. Manajemen lebih memilih Mauricio Pochettino yang menjadi manajer hingga sekarang.

2. Guus Hiddink

Guus Hiddink (Bola.com/Dok. AFC)

Mustahil tak memasukan nama Guus Hiddink ke dalam deretan manajer interim tersukses di Liga Inggris. Bagaimana tidak, Hiddink dua kali menyelamatkan Chelsea dari keterpurukan.

Pada 2009, Hiddink masuk ke Chelsea untuk menggantikan Luiz Felipe Scolari. Ketika itu, Hiddink sebetulnya sedang menjadi pelatih timnas Rusia.

Kendati demikian, Hiddink tetap konsentrasi melatih The Blues dan berhasil membawa Chelsea menjuarai Piala FA. Ia pun sukses menempatkan Chelsea di peringkat ketiga klasemen akhir Liga Inggris.

Hiddink dan Chelsea kembali bereuni pada musim 2015/16 untuk menggantikan Jose Mourinho. Di tangannya, Chelsea finis di papan tengah setelah nyaris terdegradasi saat dilatih Mourinho.

3. Ole Gunnar Solskjaer

Pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer (Owen Humphreys/PA via AP)

Jejak sebagai manajer interim tersukses kini sedang dirintis Ole Gunnar Solskjaer bersama Manchester United (MU). Menggantikan Jose Mourinho sejak Desember 2018, Solskjaer sukse mengubah permainan dan atmosfer ruang ganti MU 180 derajat.

Di bawah Solskjaer, permainan MU yang sebelumnya cenderung defensif berubah. Paul Pogba dan kawan-kawan kini bermain lebih atraktif.

Situasi ruang ganti pun lebih kondusif. Sebelumnya, ruang ganti MU dipanaskan dengan isu perseteruan Mourinho vs Pogba.

Bukan hanya itu, Solskjaer juga berhasil mencatatkan 11 kemenangan dari 13 pertandingan yang dijalaninya. Terkini, racikan Solskjaer mengantarkan MU ke perempat final Liga Champions usai mengandaskan PSG.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

9 Makanan Khas Palembang Ini Wajib Kamu Cicipi, Tak Cuma Pempek

Posted: 07 Mar 2019 09:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Kota Palembang tidak hanya dikenal dengan wisata budaya dan wisata religi saja. Kota Palembang juga sangat kental dengan makanan khasnya salah satunya pempek. Siapa yang tak tahu kudapan asal Palembang yakni pempek atau empek-empek? Bahkan penjual kudapan gurih bertekstur kenyal dengan saus cuka yang bercita rasa manis, asam, dan pedas ini sudah menjamur di banyak daerah.

Bagi penikmat wisata kuliner, Kota Palembang menjadi salah satu tempat destinasi yang wajib dikunjungi. Namun berbicara tentang Pelembang, di negeri Sriwijaya makanan khas yang patut dicoba tidak hanya pempek atau empek-empek saja. Masih banyak makanan lainnya yang bisa kamu coba dan dicicipi.

Bagi kamu yang penasaran makanan khas Palembang selain pempek yang patut dicoba. Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019) 9 makanan khas Palembang yang wajib dicoba jika berkunjung ke kota yang terkenal dengan jembatan ampere dan sungai musinya ini.

Makanan Khas Palembang yang Unik

1. Mi Celor

Makanan khas Palembang berbahan mi ini sering disamakan dengan spageti asal Italia. Dari bentuknya, diameter Mi Celor hampir sama dengan spageti yang lebih besar dibandingkan mi pada umumnya. Namun perbedaannya, Mi Celor disajikan dengan kuah santan yang kental dan gurih. Makanan ini biasanya menjadi salah satu menu sarapan warga Palembang sejak zaman dulu.

Mi yang dibuat dari tepung terigu ini memiliki tekstur yang padat dan sangat mengenyangkan jika disantap di pagi hari. Apalagi, kuah mi menggunakan bahan dasar santan kelapa segar. Potongan telur ayam bulat juga menjadi ciri khas mi ini.

 

2. Pempek Hitam

Jika pempek biasanya punya warna cokelat keemasan setelah digoreng, yang satu ini justru berwarna hitam. Tenang, warna hitam ini muncul bukan karena hangus kok. Warna hitam tersebut berasal dari pewarna alami berbahan dasar tinta cumi atau black charcoal dari bubuk arang yang dihasilkan dari pohon bambu. Pewarna tersebut sama sekali tak mengubah cita rasa dari pempek ini.

Rasanya tetap nikmat dan memikat. Kalau kamu sedang liburan ke Palembang dan ingin mencicipi pempek hitam ini sambangi Kedai Pempek Sulthan di Jalan‎ Pangeran ‎Ratu, Ruko no.6, Jakabaring, Kecamatan Kertapati Palembang. Untuk harganya sangatlah terjangkau. Satu pempek hitam kecil dihargai Rp 5.000- 20.000.

3. Lempok Durian

Sesuai dengan namanya, makanan satu ini berbahan dasar durian. Lempok durian ini seringkali dijadikan oleh-oleh makanan khas Palembang. Bentuknya seperti dodol namun memiliki cita rasa yang lebih manis dan legit. Ini dihasilkan dari proses pemasakan yang cukup lama dengan tungku kayu bakar. Rasa manis dipadu dengan aroma duriannya dijamin bikin ketagihan!

4. Salai Ikan

Kalau selama ini kita akrab dengan sale pisang, di Palembang ada sale unik yang terbuat dari ikan. Tentu saja cita rasanya tidak manis, melainkan gurih dengan aroma khas ikan asap. Salai ikan dibuat dari ikan gabus, patin, atau lais yang diawetkan lewat proses pengasapan. Tapi makanan khas Palembang satu ini tak bisa langsung dimakan. Kamu harus memasaknya dengan cara digoreng biasa atau dibumbui sesuai selera.

Lezatnya makanan khas Palembang

Sambal Tempoyak, Nikmati Kelezatan Durian Dengan Pedasnya Cabai (Sumber foto: vidio.com)

5. Kemplang

Memiliki aroma seperti pempek, kamu wajib mencoba renyah dan gurihnya kerupuk kemplang. Berbahan dasar ikan, makanan khas Palembang ini tersedia dalam dua jenis sesuai proses pengolahannya. Ada kemplang bakar dan goreng, yang penyajiannya dilengkapi dengan sambal cocol.

Kemplang biasanya berukuran cukup besar dan tebal. Untuk kemplang bakar memiliki aroma khas bakaran dengan warna kuning kecokelatan di permukaannya. Harga kemplang beragam tergantung bahan baku ikan yang digunakan. Kemplang yang terbuat dari ikan tenggiri biasanya lebih murah.

6. Pecah Seribu

Selain kemplang, makanan khas Palembang punya kerupuk ikan unik bernama Pecah Seribu. Ukurannya lebih kecil dan tipis dibanding kemplang. Sekilas rasanya seperti kerupuk ikan pada umumnya, tapi cara penggorenganan Pecah Seribu yang membuatnya unik.

Kerupuk ditekan bagian tengahnya dan digoreng dalam minyak mendidih. Sehingga bentuknya menyerupai mangkok dengan tekstur yang pecah-pecah di permukaan luar. Inilah yang membuatnya disebut dengan nama kerupuk Pecah Seribu.

7. Kue Maksuba

Ada dua kue unik khas Palembang yang dibuat dengan banyak campuran telur bebek, salah satunya kue maksuba. Dibuat berlapis-lapis, satu adonan kue maksuba membutuhkan hampir 30 butir telur bebek. Tapi jangan takut bau amis, proses pemasakannya cukup lama ditambah aroma wangi mentega yang menyamarkan amis telur.

Kue maksuba biasanya disajikan secara khusus untuk momen tertentu atau tamu kehormatan. Kata 'maksuba' sendiri diambil dari bahasa daerah asli yang memiliki makna 'penyampaian rasa hormat'.

8. Sambal Tempoyak

Kalau ingin makanan khas Palembang yang bercita rasa unik, kamu wajib coba sambal tempoyak. Sambal ini berbahan dasar durian. Kebayang kan aromanya seperti apa? Sambal tempoyak biasanya dijadikan teman makan pindang patin atau olahan ikan khas Palembang lainnya.

9. Kue Delapan Jam

Mungkin kamu merasa aneh dengan nama kue tersebut. Meski begitu, kue ini sangat enak dan memiliki rasa legit. Nama "kue delapan jam" memang disesuaikan dengan proses pembuatannya yang memakan waktu minimal delapan jam.

Namun sayangnya, makanan khas Palembang ini mulai susah dicari, karena hanya bisa ditemui ketika momen lebaran Idul Fitri. Nah, jangan lupa untuk mencicipi kue delapan jam saat mengunjungi Palembang di hari lebaran Idul Fitri ya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

12 Menu Masakan Sehari-Hari Untuk Keluarga, Menggoyang Lidah dan Bergizi

Posted: 07 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Setiap hari manusia membutuhkan makan untuk memberi energi pada tubuh. Tiap makanan mengandung gizi berbeda-beda seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan lainnya. Maka tak heran jika makanan menjadi kebutuhan primer disandingkan dengan papan dan sandang.

Baik ibu rumah tangga, karyawan kantor, maupun pelajar setidaknya makan tiga kali sehari. Tiap pagi, siang dan sore perut harus diisi agar bisa melakukan kegiatan sehari-hari dengan penuh tenaga. Dengan adanya berbagai macam bahan makanan, semua orang bisa menikmati menu masakan berbeda tiap harinya.

Menu masakan sehari-hari dapat berupa sayur mayur, kacang-kacangan, daging maupun ikan air tawar dan laut. Namun, tetap saja terkadang seseorang merasa bingung menu apa yang harus dimasak. Padahal, kreativitas dapat dikembangkan saat memasak untuk keluarga.

Daripada bingung, berikut Liputan6.com paparkan inspirasi menu masakan sehari-hari untuk mewarnai hari keluarga Anda, yang dilansir dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Sayuran

(Sumber: iStockphoto)

1. Sup Bening

Sup bening yang terdiri dari berbagai macam sayuran bisa memberi tenaga. Makan malam sebaiknya pilih menu sup bening dibanding tipe sup yang kental dan mengandung banyak bumbu.

Perbanyak sayuran dan kurangi daging-dagingan. Sup sayuran juga membuat pencernaan Anda lebih lancar dibandingkan dengan sup pekat dan mengandung banyak lemak.

2. Pecel

Siapa sih yang tidak mengenal pecel? Makanan tradisional khas Jawa Timur ini berisi berbagai macam sayuran seperti bayam, kangkung, tauge, mentimun, dan banyak lagi.

Dengan variasi sayuran di dalam pecel, Anda akan terhindar dari penyakit yang menyerang tubuh yang lemah. Namun, karena pecel dibaluri bumbu kacang, tak jarang bumbu tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di wajah.

3. Sayur Asem

Sayur asem adalah pilihan resep masakan yang mudah, murah, enak, dan gampang dibuatnya. Resep masakan ini punya cita rasa segar, sehingga cocok dimakan pada saat makan siang dengan nasi putih panas dan juga aneka lauk pauk. Sayur asem juga cocok dipadukan dengan sambal.

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Ayam

(Sumber: iStockphoto)

1. Ayam Saus Kacang Ala Thailand

Masakan dari Negeri Gajah Putih memiliki kemiripan dengan masakan Indonesia. Bahan-bahan alam yang hampir mirip dan selera lidah yang hampir sama membuat banyak warga Indonesia yang melirik masakan Thailand sebagai buruan kuliner. Tak perlu jauh-jauh ke Thailand, karena hidangan yang satu ini bisa Anda olah langsung dari dapur Anda.

2. Ayam Goreng Tepung ala KFC

Ayam goreng tepung memang bukan resep masakan khas Indonesia, karena resep masakan ini justru berasal dari Negeri Paman Sam. Namun, ayam goreng sudah lama jadi resep masakan rumahan yang nikmat dipasangkan dengan nasi maupun dengan resep masakan Indonesia lainnya.

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Ikan

(Sumber: iStockphoto)

1. Pepes Ikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa ikan memiliki kandungan gizi tinggi protein, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, ikan juga bisa menurunkan jumlah lemak di dalam tubuh.

Bahkan, asam lemak omega 3 yang terdapat dalam ikan memiliki peranan penting untuk kesehatan jantung. Anda bisa memasak pepes ikan yang kental akan rasa masakan tradisional namun juga sehat untuk tubuh.

2. Tumis Tongkol Kecap

Tumis tongkol kecap bisa dijadikan alternatif menu masakan sehari-hari keluarga Anda. Jika Anda bosan dengan variasi ikan tawar, ikan tongkol bisa jadi pilihan. Selain bergizi tinggi, rasa ikan tongkol juga tidak kalah enak dengan ikan air tawar yang biasa dijual di pasaran.

Cara memasaknya pun gampang. Tumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabai merah, cabai rawit, dan kemiri hingga harum.

Lumuri tongkol yang telah dibersihkan dengan garam dan perasan jeruk nipis. Goreng lalu campurkan dengan tumis bumbu halus disertai tambahan kecap manis.

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Telur

(Sumber: iStockphoto)

1. Omelette Sayuran

Jika Anda ingin berkreasi saat memasak, Anda dapat membuat omelette sayuran yang dicampur mie. Selain terasa renyah, omelette juga memiliki varian rasa unik karena memadukan telur, sayur, mie, serta bawang goreng yang pasti menjadi favorit keluarga Anda.

2. Telur Balado

Saat tidak ingin rempong, Anda bisa mencoba alternatif yang satu ini yaitu telur balado. Telur mengandung protein yang baik untuk tubuh. Telur balado menawarkan lidah Anda rasa yang tidak biasa dengan kombinasi pedas manisnya.

Menu Masakan Sehari-Hari Berbahan Udang

(Sumber: iStockphoto)

1. Udang Goreng Tepung Roti

Udang Goreng Tepung Roti atau tepung roti adalah hidangan yang lezat disajikan sebagai bekal makan siang. Anak-anak pasti menyukainya karena rasa yang renyah dan lezat, membuatnya juga mudah. Tinggal celup-celup, goreng deh.

2. Bakwan Jagung Campur Udang

Bakwan Jagung Campur Udang bisa menjadi lauk sehari-hari yang lezat dan bergizi. Anda hanya membutuhkan tepung terigu, jagung manis, udang, daun bawang, telur, bawang merah dan putih, garam, serta merica. Dengan membentuk adonan sesuka hati, Anda telah menyajikan menu masakan yang enak untuk keluarga.

3. Bola-bola Udang

Udang memiliki rasa yang enak dan banyak khasiatnya. Apalagi kalau sudah disulap menjadi makanan yang lucu dan menyenangkan seperti bola-bola udang ini. Dijamin tidak akan menghabiskan banyak waktu dan si kecil pasti suka.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Blusukan ke Plaza Bandar Jaya Lampung, Beli Oleh-Oleh untuk Cucunya

Posted: 07 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Lampung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana blusukan ke Plaza Bandar Jaya Lampung Tengah, Jumat (8/3/2019). Jokowi dan Iriana membeli mainan untuk kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan Sedah Mirah Nasution.

Berdasarkan pantauan, usai meresmikan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Jokowi dan Iriana tiba di Plaza Bandar Jaya pukul 09.55 WIB. Setibanya di lokasi, Jokowi dan Iriana langsung diserbu para pembeli dan pedagang yang ingin bersalaman dan berswafoto.

Keduanya pun menyusuri Plaza Bandar Jaya melihat sejumlah barang yang dijual. Iriana berhenti di salah satu toko membeli boneka dan sepasang sepatu untuk Sedah Mirah.

Total belanjaannya Rp 75 ribu. Iriana pun menyerahkan uang Rp 100 ribu ke penjual, tanpa meminta kembalian.

"(Mainan) Buat Sedah Mirah," ucap Iriana kepada wartawan sambil menunjukkan belanjannya.

 

Oleh-Oleh untuk Jan Ethes

Usai membeli oleh-oleh untuk Sedah Mirah, Iriana dan Jokowi kembali berkeliling melihat kios-kios pedagang Plaza Bandar Jaya. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian memutuskan untuk membeli truk mainan untuk Jan Ethes.

"Untuk Jan Ethes ya Pak?" tanya para wartawan kepada Jokowi.

"Iya (mainan buat Jan Ethes)," jawab Jokowi.

Setelah berbelanja, Jokowi dan Iriana pun keluar dari Plaza Bandar Jaya. Jokowi akan melaksanakan salat Jumat di Masjid Istiqlal Lampung Tengah. Disana, capres petahana itu sekaligus membagikan sertifikat wakaf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sentuhan Dark dan Punk Hadir dalam Koleksi Alexander McQueen Fall 2019

Posted: 07 Mar 2019 09:45 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Deretan rumah mode menghadirkan busana dengan sentuhan gelap, kombinasi gestur, serta sentuhan maskulin dalam rancangan pada musim ini. Hal tersebut tampak dari kreasi Sarah Burton untuk Alexander McQueen dengan desain terdefinisi.

Alexander McQueen menampilkan banyak potong khas tailoring yang ada pada beberapa koleksi trouser suits dengan aksen bahu tegas dan berciri khas Inggris. Ada pula nuansa punk di koleksi musim ini.

Beragam gaun dengan potongan klasik black dress, scarlet, juga nuansa fuchsia taffeta lengkap dengan konstruksi unik. Koleksi kali ini dibuat dari bahan-bahan yang didesain untuk menghadirkan efek bervolume. Ada pula material berbahan satin tampil memesona.

Fashion show Alexander McQueen (FRANCOIS GUILLOT / AFP)

Alexander McQueen sendiri dikenal sebagai salah satu brand yang digemari keluarga kerajaan Inggris. Bahkan, Kate Middleton kerap tampil dalam balutan gaun di bawah naungan McQueen.

Koleksi musim ini secara keseluruhan menampilkan kesan ekletik yang ketal juga relevan. Alexander McQueen sukses menghadirkan busana-busana menarik, nyentrik, dan sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang menarik perhatian adalah penggunaan bahan sepanjang 25 meter untuk membuat detail bunga pada gaun yang tampil di set akhir.

Dilansir laman Elle.com, ada pula busana yang memasang ratusan anting-anting secara manual sebagai detail. Tepatnya, 387 anting berkilau terpasang pada tunik berbahan tulle.

Burton juga tetap memasukkan unsur tradisi Inggris dalam koleksi busana kali ini lewat penggunaan bahan dari empat pabrik asal Inggris, yakni William Halstead, John Foster, Bower Roebuck and Saville Clifford, dan Joshua Ellis. Ia menyatakan, "Jantung koleksi ini terinspirasi dari jalinan kain yang pernah kami lihat ditenun baik oleh manusia maupun mesin."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lepas Saham Perusahaan Bir, Anies: Jakarta Lebih Butuh Air Bersih, Bukan Beralkohol

Posted: 07 Mar 2019 09:43 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan uang hasil melepas saham PT Delta Djakarta Tbk dapat dimanfaatkan untuk pembangunan Ibu Kota. Dia menyebut salah satunya untuk pipanisasi air bersih.

Dengan uang hasil penjualan saham sekitar Rp 1,2 trilliun menurut Anies dapat membangun 100 ribu jaringan pipa air bersih. 

"Saya rasa Jakarta lebih butuh air bersih, bukan air beralkohol. Itu kebutuhan Jakarta hari ini," kata Anies Baswesdan di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (8/3/2019).

Anies juga menyebut uang hasil penjualan dapat digunakan untuk pembangunan sekolah hingga pembelian bus.

"Kami dari awal mempertanyakan, dimana unsur pembangunanya dalam sebuah BUMD memproduksi bir. Jadi kalau kita pertahankan uang di situ pertanyaan sederhana, dimana unsurnya. Kalau nggak ada unsur pembangunan, jangan badan usaha milik daerah," ucapnya.

Sebelumnya mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini pernah berjanji akan melepaskan saham perusahaan PT Delta Jakarta. Namun, hingga saat ini rencana Anies Baswedan belum terealisasi.

Janji untuk menjual saham PT Delta ini diungkap Anies-Sandi saat maju Pilgub Jakarta. Pada April 2018, pasangan Gubernur DKI Jakarta ini sepakat dan sudah memulai proses penjualan kepemilikan saham tersebut. Namun, hingga kini saham masih belum resmi dijual.

 

Perusahaan Bir Tidak Rugikan Pemprov DKI

Di sisi lain, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menilai perusahaan bir tidak merugikan Pemprov DKI Jakarta. Karena itu, dia tetap menolak rencana pelepasan saham di PT Delta Djakarta Tbk.

"Saya tetap berprinsip, enggak ada yang merugikan untuk pemerintah daerah, apalagi yang dikatakan setahun dapat Rp 50 miliar," kata Prasetio di kantor DPRD DKI Jakarta, pada Senin, 4 Maret 2019. 

Politisi PDI Perjuangan itu mengimbau agar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat memikirkan kembali rencana pelepasan saham itu. Prasetio mengaku pihaknya pernah menerima surat dari Anies mengenai rencana pelepasan saham.

Kendati begitu, dia mengaku hanya menghiraukannya dan hingga saat ini belum ada pembahasan bersama antara Pemprov DKI Jakarta dan DPRD.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhirnya Main Instagram, Ini Unggahan Pertama Ratu Elizabeth II

Posted: 07 Mar 2019 09:40 PM PST

Liputan6.com, London - Umur yang telah menginjak angka 92 tahun, tak membuat Ratu Elizabeth II mengabaikan perkembangan terkini. Termasuk soal dunia media sosial.

Pada Kamis (7/3/2019) kemarin, Ratu Elizabeth II mengunggah posting-an pertamanya di akun Instagram @theroyalfamily. Seperti terlihat dari namanya, ini adalah akun Instagram resmi yang menampilkan foto dan video keluarga Kerajaan Inggris, yang biasanya dikelola oleh staf.

Foto seperti apa yang diunggah oleh sang Ratu Inggris?

Bukan foto pemandangan apalagi selfie, yang diunggah Ratu Elizabeth II adalah foto sebuah surat dari abad ke-19. Dalam caption yang ditulis dengan panjang lebar, ia menerangkan mengapa ia mengunggah foto ini.

"Hari ini, aku mengunjungi Museum Iptek dan aku tertarik menemukan surat di Arsip Kerajaan, ditulis tahun 1843 untuk kakeknya kakekku, Pangeran Albert," tulis Ratu Elizabeth II mengawali tulisannya.

Soal Teknologi

Unggahan pertama Ratu Elizabeth II (Instagram/ theroyalfamily)

Surat yang ditulis dengan huruf sambung ini berisi pernyataan Charles Babage, seorang ilmuwan yang mendesain "mesin pembeda", yang purwarupa atau prototype-nya pernah dillihat Pangeran Albert.

Dalam surat ini, Babage menyebutkan bahwa penemuannya yang disebut "Mesin Analisis", dan program komputer pertama yang dibuat oleh putri Lord Byron, Ada Lovelace.

Merasa Bahagia

Ratu Inggris Elizabeth II. (AP Photo / Alastair Grant, Pool)

"Hari ini, aku merasakan kebahagiaan mempelajari tentang gerakan coding komputer yang dilakukan anak-anak dan rasanya pas bagiku untuk mengunggah posting-an Instagram ini, dan Museum Iptek juga telah lama menjadi pemimpin di bidang teknologi, inovasi, dan menginspirasi para penemu baru," tulis sang Ratu, yang mengakhiri unggahannya dengan menyertakan namanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Pantun Beserta Contohnya, Mudah Dipelajari dan Bisa Bikin Sendiri

Posted: 07 Mar 2019 09:35 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pantun merupakan salah satu karya sastra yang tetap populer hingga saat ini. Pantun terlah berkembang sebagai media penuturan pesan dengan permaianan kata-kata.

Pantun termasuk dalam jenis puisi lama. puisi lama sendiri adalah puisi yang masih terikat oleh persajakan, pengaturan larik dalam setiap bait, jumlah kata dalam setiap larik, serta musikalitas puisi yang sangat diperhatikan.

Puisi lama sudah muncul sejak zaman dahulu dan sering digunakan dalam upacara-upacara adat. Pantun sendiri sudah dikenal luas dalam bahasa-bahasa Nusantara. Pantun juga biasa digunakan dalam upacara adat di berbagai daerah, hiburan, atau penyampaian pesan bijak.

Pantun dapat dibuat oleh siapa saja. Karena termasuk dalam puisi lama, pembuatan pantun terikat pada aturan-aturan bahasa tertentu. Maka dari itu, ciri-ciri pantun dapat mudah untuk dikenali.

Berikut ulasan mengenai pengertian dan ciri-ciri pantun yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Jumat (8/3/2019)

Pengertian Pantun

Pantun berasal dari bahasa Minangkabau patuntun yang berarti petuntun. Pantun telah lama dituturkan oleh masyarakat Nusantara. Dalam kebudayaan Jawa, pantun biasa disebut dengan parikan, dalam kebudayaan sunda pantun disebut dengan paparikan sementara dalam budaya Batak disebut umpasa.

Pantun dapat melatih seseorang untuk berpikir sebuah makna kata sebelum diujarkan, selain itu pantun juga melati penuturnya bersifat asosiatif dengan berpikir bahwa suatu kata berhubungan dengan kata yag lain.

Pantun juga memiliki fungsi sosial. Hal ini karena pantun dijadikan sebagai media pergaulan yang cukup kuat hingga saat ini. Pantun menunjukkan seseorang berpikir dan bermain kata dengan cepat dan kreatif. Pantun berperan sebagai penyampai pesan yang dikemas secara puitis dengan sajak dan rima.

Pada mulanya pantun merupakan bentuk dari sastra lisan, namun saat ini juga sudah dijumpai pantun dalam bentuk tertulis.

Ciri-ciri Pantun

Karena termasuk dalam puisi lama, pantun memiliki aturan terikat dalam penciptaanya. Sebuah pantun dapat dikenal dari ciri-ciri pantun itu sendiri. Ciri-ciri pantun tersebut antara lain adalah

1. Terdiri dari empat baris, setiap baris terdiri dari minimal 8 kata dan maksimal 12 kata.

2. Ciri-ciri pantun yang mudah dikenali adalah bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a

3. Terdiri atas dua bagian yaitu sampiran dan isi. Dua baris pertama disebut dengan sampiran, sampiran kerap kali berkaitan dengan alam dan biasanya tak punya hubungan dengan bagian kedua yang menyampaikan maksud selain untuk mengantarkan rima sajak.

Sementara isi berada pada baris ketiga dan keempat yang berisi pesan atau makna utama dari sebuah pantun.

4. Pada pantun tidak terdapat nama penulis, berbeda dengan puisi atau karya sastra lainnya. Hal ini karena dahulu penyebaran pantun dilakukan secara lisan.

Jenis-Jenis Pantun dan Contohnya

Berdasarkan isinya, pantun terdiri dari berbagai jenis. Berikut jenis-jenis pantun yang kerap ditemui dan contohnya:

Pantun Nasihat

Pantun nasihat memiliki isi yang bertujuan menyampaikan pesan moral dan didikan. Pantun nasihat biasanya memiliki pesan-pesan bijak yang mengajak untuk berbuat baik.

Contoh:

Jalan-jalan ke Kota Blitar

jangan lupa beli sukun

Jika kamu ingin pintar

belajarlah dengan tekun

 

Pantun Jenaka

Pantun jenakan merupakan pantun yang dibuat untuk tujuan hiburan. terkadang pantun jenaka dijadikan sebagai media untuk saling menyindir dalam suasana yang penuh keakraban, sehingga tidak menimbulkan rasa tersinggung, dan dengan pantun jenaka diharapkan suasana akan menjadi semakin riang.

Contoh:

Duduk manis di bibir pantai

Lihat gadis, aduhai tiada dua

Masa muda kebanyakan santai

Sudah renta sulit tertawa

 

Pantun Teka Teki

Ciri-ciri pantun teka-teki adalah kalimat pertanyaan pada baris akhir pantun. Pantun ini berisi teka-teki untuk para pendengarnya.

Contoh:

Kalau tuan muda teruna

Pakai seluar dengan gayanya

Kalau tuan bijak laksana

Biji di luar apa buahnya

 

Pantun Cinta

Pantun cinta merupakan pantun yang isi pesannya berhubungan dengan cinta, romantisme atau asmara antara dua insan. Hingga saat ini masih banyak orang yang menggunakan pantun cinta untuk mengungkapkan cintanya.

Contoh:

Walaupun hanya sebatang tebu

Tetapi bisa diramu

Walaupun jarang ketemu

Cintaku hanya untukmu

 

Pantun Agama

Tujuan dari pantun agama sama dengan pantun nasihat, yaitu memberikan pesan moral dan didikan. Pantun agama membahas mengenai manusia dengan pencipta-Nya. Berbeda dari pantun nasehat, pantu agama lebih spesifik isinya karena diselipkan nilai-nilai dan prinsip agama tertentu.

Contoh:

Banyak bulan perkara bulan

Tidak semulia bulan puasa

Banyak tuhan perkara tuhan

Tidak semulia Tuhan Yang Esa

 

Pantun Peribahasa

Seperti namanya, pantun peribahasa merupakan pantun yang didalamnya terdapat kalimat peribahasa yang pada umumnya memiliki susunan tetap.

Contoh:

Berakit-rakit kita ke hulu

Berenang kita ke tepian

Bersakit-sakit kita dahulu

Bersenang-senang kemudian

 

Pantun Kiasan

Pantun kiasan berisi pantun dengan kalimat kiasan. Artinya, pesan yang ada pada pantun ini disampaikan secara tersirat.

Contoh:

Berburu ke padang datar

Dapatkan rusa belang kaki

Berguru kepalang ajar

Bagaikan bunga kembang tak jadi

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet ONE Championship Stefer dan Engelen Turut Rayakan Nyepi di Bali

Posted: 07 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Perayaan Hari Raya Nyepi, yang utamanya dilangsungkan di Pulau Dewata, memiliki kesan tersendiri bagi para atlet ONE Championship yang berlatih di Bali MMA. Walau mereka bukanlah warga asli maupun umat Hindu Bali, mereka berpartisipasi dan menaati seluruh larangan dalam perayaan tradisional tersebut.

Di Bali, Nyepi dijalani dengan mengutamakan kesunyian dan keheningan, selain juga berpuasa. Masyarakat dilarang untuk bekerja, menyalakan api, menikmati hiburan atau kesenangan, bepergian, dan bahkan bagi sebagian kalangan, mereka dilarang untuk berbicara dan wajib berpuasa secara total.

Walaupun ada banyak warga dan turis yang bukan penganut Hindu, seluruh elemen masyarakat di Bali menghormati Hari Raya Nyepi. Hanya layanan gawat darurat bagi kondisi-kondisi tertentu yang tetap bersiaga selama Nyepi.

Stefer "The Lion" Rahardian, salah satu atlet ONE Championship Strawweight yang berlatih di Bali MMA, berbagi cerita tentang aktivitas selama perayaan Nyepi. Menurut petarung asal Jakarta ini, ada berbagai upacara adat yang digelar sebelum Hari Raya; di antaranya Pengerupukan, yang bertujuan mengusir buta kala atau kejahatan.

Upacara tersebut biasanya digelar pada sore hari, setelah upacara Mecaru, sebelum dilanjutkan dengan perayaan ogoh-ogoh di malam hari. "Untuk menghormati hari raya Nyepi, gym kami tutup hingga perayaan berakhir," ujarnya.

Sebagai warga pendatang di Bali, Stefer sadar betul akan pentingnya berbaur dengan budaya setempat. "Sebagai atlet ONE Championship Bali MMA, cara saya dan teman-teman menyesuaikan diri dengan berbagai budaya lokal Bali adalah dengan saling menghargai sesama, saling menghargai warga serta budaya setempat, utamanya saat kami berada di luar tempat latihan," tambahnya.

Pertama Kali bagi Engelen

Anthony

Sementara itu, rekan satu timnya Anthony "The Archangel" Engelen menikmati perayaan Nyepi di Pulau Dewata untuk pertama kalinya tahun ini. Atlet blasteran Indonesia-Belanda ini sudah mempersiapkan diri untuk keheningan total selama Nyepi.

"Saya berencana untuk bersantai selama Nyepi, selain juga melakukan refleksi pribadi dan meluangkan waktu bagi tubuh saya untuk pulih. […] Nyepi adalah momentum yang baik untuk merasakan kedamaian dan keheningan, karena kita semua sesekali membutuhkan kedua hal itu," kata Anthony.

Atlet divisi featherweight ini juga setuju dengan Stefer, dimana seluruh elemen Bali MMA menyesuaikan diri dan menghargai unsur-unsur tradisi Bali. Ia mengaku memiliki kesan tersendiri terhadap pulau dimana ia berlatih saat ini.

"Bagi saya, Bali adalah salah satu tempat paling spesial di dunia. Saya tidak pernah merasa bosan, karena hidup saya masih terbagi 50% di Jakarta dan 50% di Bali," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ruhut Soal Survei yang Menangkan Prabowo: Saya Tertawa Termehek-Mehek

Posted: 07 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Ruhut Sitompul menyindir tim pemenangan Prabowo-Sandi yang hanya percaya pada hasil survei sendiri. Dalam survei yang dilakukan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, pasangan capres cawapres nomor urut 02 itu lebih unggul dari Jokowi-Ma'ruf.

"Kenapa nggak bikin 90 persen aja? orang survei survei sendiri," Ujar Ruhut saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (8/3/2019).

Ruhut pun tidak terlalu menggubris keunggulan Prabowo-Sandi pada hasil survei tersebut dan justru menanggapinya dengan lelucon.

"Kami tertawa termehek-mehek mendengarnya," kata Ruhut.

Ruhut menyarankan agar pihak Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mengutip data dari lembaga survei yang benar dan kredibel.

"Kutiplah dari lembaga survei yang benar," ujar Ruhut.

Dirinya juga menjelaskan bahwa kubu Jokowi-Ma'ruf bahkan tidak pernah membuat survei internal. Kubu 01 lebih mengutamakan hasil kerja yang nyata.

"Kita internal tidak pernah bikin survei meski hanya 25 persen," jelasnya.

Meski demikian beberapa hasil lembaga survei per Januari-Februari yang pernah dirilis menunjukkan Jokowi-Ma'ruf menempati posisi yang lebih unggul ketimbang Prabowo-Sandi. Misalnya saja hasil dari Lingkaran Survei Indonesia Denny JA yang menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf sebesar 58,7 persen sementara Prabowo-Sandi sebesar 30,9 persen.

 

Klaim BPN

Sebelumnya, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengklaim survei internal Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno sudah unggul di atas Jokowi- Ma'ruf Amin. Andre mengaku, paslon nomor nomor urut 02 unggul sekitar 2 sampai 3 persen di atas paslon nomor urut 01.

"Survei kita sekarang kita sudah unggul. Maret ini insya Allah kita sudah unggul 2 sampai 3 persen di atas Pak Jokowi. Sekarang itu kita sudah 48 persen pak Jokowi antara 45-46 persen," kata Andre kepada merdeka.com, Kamis (7/3/2019).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Keluarga Merahasiakan Akad Nikah Syahrini - Reino Barack

Posted: 07 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang, pada 27 Februari 2019 lalu, masih menyedot perhatian publik.

Pasalnya, banyak orang yang masih penasaran dengan acara pernikahan Syahrini dan Reino Barack yang digelar secara tertutup tersebut.

Pernikahan Syahrini dan Reino Barack saat itu hanya dihadiri kerabat terdekat serta beberapa tokoh seperti Quraish Shihab, Rahmat Gobel dan Surya Paloh. Tampak pula beberapa selebritas di antaranya, Maia Estianty dan Christine Hakim.

Terkait hal itu, akhirnya adik sekaligus manajer Syahrini, Aisyahrani, membeberkan alasan mengenai penyelenggaraan pernikahan yang digelar secara rahasia tersebut.

Agar Lebih Sakral

Syahrini dan Reino Barack mesra (Instagram/princessyahrini)

Hal itu diketahui dari video di Instagram @cumi-cumi.com_insta Kamis (7/3/2019). Melalui unggahan tersebut, Aisyahrani mengungkapkan bahwa pernikahan kakaknya dan Reino Barack memang hanya dihadiri oleh keluarga saja. Tujuannya, agar lebih sakral.

"Pernikahan adalah ibadah, kita akan bicara, tapi memang di hari H-nya bener-bener keluarga dan sakral," ungkap Aisyahrani.

Wanita berhijab itu juga menyatakan, jika sudah waktunya akan lebih dijelaskan lagi cerita tentang pernikahan Syahrini dan Reino Barack. "Nanti kita akan share, enggak mungkin enggak di-share," paparnya.

Mendoakan

Syahrini

Aisyahrani pun turut mendoakan agar pernikahan Syahrini dan Reino Barack berlangsung sampai akhir hayat, ia juga berharap supaya mereka segera diberikan keturunan.

"Ini adalah takdir Allah untuk Syahrini. Doanya semoga mereka bahagia, langgeng sampai maut memisahkan, dan cepat dapet momongan," tuturnya.

(Siti Fuadah/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Trump Panggil Tim Cook jadi 'Tim Apple'

Posted: 07 Mar 2019 09:30 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Donlad Trump kembali menjadi buah bibir warganet. Ia memanggiil CEO Appel Tim Cook menjadi Tim Apple.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghilangkan Uban dengan Bahan Alami, Aman dan Mudah Dilakukan

Posted: 07 Mar 2019 09:25 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Lazimnya orang Indonesia memiliki rambut yang berwana hitam atau gelap. Hal ini dikarenakan rambut orang Indonesia memiliki kandungan kadar melanin yang lebih tinggi. Nah, saat rambut berubah menjadi putih dan menjadi uban, itu berarti sedang terjadi proses perubahan kadar melanin. Uban merupakan rambut yang berubah warna menjadi abu-abu kemudian putih.

Uban bisa muncul pada siapa saja dan di usia berapa pun. Baik itu pria ataupun wanita. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya uban seperti faktor genetik, stress berkepanjangan ataupun faktor kesehatan seperti kurang darah, kurang gizi, serta gangguan metabolisme tubuh juga dapat mempengaruhi munculnya uban.

Mendapati rambut beruban bagi banyak orang dirasa bisa membuat kepercayaan diri menurun. Hal ini dikarenakan uban bisa membuat penampilan menjadi kurang menarik. Jadi tak jarang, banyak hal yang dilakukan untuk menghilangkan uban tersebut. Misalnya saja dengan melakukan pewarnaan rambut menjadi hitam kembali.

Sayangnya, bahan kimia pada cat rambut tersebut bisa merusak rambut, loh. Jadi, alangkah baiknya kamu memilih cara menghilangkan uban dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, berikut ini Liputan6.com, rangkum dari berbagai sumber, Jum'at (8/2/32019) cara menghilangkan uban dengan bahan alami. Bisa kamu coba sendiri di rumah, soalnya bahan-bahannya cukup mudah ditemukan.

Cara Menghilangkan Uban dengan Kentang

Manfaat Kentang (sumber: Istockphoto)

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Kentang segar.

- Air.

- Botor spray.

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Pilih kentang yang segar.

2. Hindari kentang yang terlihat berwarna kehijauan, karena mengandung racun.

3. Cuci kentang dengan air hangat, untuk membantu menghilangkan lumpur pada kulit kentang.

4. Kupas kentang dengan ketebalan sekitar 0,5 cm.

5. Rebus kulit kentang dengan air selama 30 menit.

6. Setelah itu matikan kompor dan diamkan rebusan kulit kentang beberapa saat.

7. Saring rebusan air kentang dan simpan ke dalam botol spray.

8. Semprotkan air rebusan itu ke rambut yang beruban.

9. Diamkan beberapa saat, setelah itu bilas dengan air bersih.

Kamu bisa mengulangi pengaplikasian ini beberapa kali dalam seminggu secara rutin, ya. Tak hanya mengatasi uban, air rebusan kentang ini juga dapat membuat rambut terlihat lebih berkilap.

Cara Menghilangkan Uban dengan Susu Cair

Ilustrasi susu (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bahan-bahan yang diperlukan:

- Susu cair.

- Merica hitam.

- Air lemon.

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Ambil setengah cangkir susu cair yang telah dihangatkan.

2. Campur susu cair dengan merica hitam dan 1 sendok air lemon.

3. Oleskan cairan tersebut pada kulit kepala hingga merata.

4. Diamkan selama 30 menit.

5. Bilas dengan air bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang baik, lakukan setiap dua hari sekali. Semakin sering kamu melakukannya, maka hasilnya makin terlihat.

Cara Menghilangkan Uban dengan Bawang Bombay

Ilustrasi bawang bombay (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 1 siung bawang Bombay.

Cara membuat dan mengaplikasikannya:

1. Kupas bawang bombay, lalu cuci hingga bersih.

2. Potong menjadi beberapa bagian, haluskan dalam blender.

3. Saring dengan menggunakan kain.

4. Gunakan sari bawang Bombay sebagai masker di rambut. Oleskan hingga merata.

5. Diamkan selama 2 jam.

6. Bilas dengan air bersih, lalu keramas seperti biasa.

Untuk hasil yang lebih baik, gunakan cara menghilangkan uban ini dua kali dalam seminggu. Kurangi stress dengan melakukan kegiatan yang positif juga dapat mengurangi tumbuhnya uban.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan uban yang bisa kamu coba dengan menggunakan bahan-bahan alami. Cukup mudah, bukan?

Cara Mencegah Rambut Beruban

Selain dengan menggunakan cara tersebut kamu juga bisa mencegah timbulnya uban sejak dini.

Lazimnya, faktor utama penyebab uban adalah pertambahan usia. Semakin bertambah usia seseorang atau semakin tua, tidak bisa dipungkiri bahwa uban yang tumbuh di kulit kepala akan semakin bertambah.

Buat kamu yang masih di usia dini dan sudah memiliki uban, ada beberapa penyesuaian gaya hidup yang perlu kamu lakukan untuk mencegahnya muncul. Dikutip dari berbagai sumber, begini cara mencegahnya:

Jaga Pola Makan

Nutrisi yang lengkap dan teratur diterima tubuh dapat membantu mencegah timbulnya uban, terutama saat kamu memperbanyak konsumsi mineral dan vitamin bersama dengan zat besi. Kamu dapat memilih yogurt dan sereal yang kaya akan nutrisi. Mineral tersebut dan diimbangi dengan sayuran dan buah-buahan berwarna kuning yang baik juga untuk tubuh.

Kalau kamu rutin minum air dengan asupan nutrisi seperti yang telah disebutkan tadi, maka kamu dapat menghindari timbulnya uban dini.

Hindari Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Jangan terlalu banyak mengonsumsi junk food, kopi, dan alkohol. Ya, ketiganya ini dapat menyebabkan penuaan jika dikonsumsi terlalu banyak, sehingga tinggal soal waktu saja sebelum uban mulai bermunculan.

Berhenti Merokok

Ya, merokok dapat mempercepat penuaan tubuh. Penuaan yang dipercepat ini kemudian menghasilkan uban untuk muncul lebih dini ditambah dengan komplikasi kesehatan.

Kurangi Stres

Kamu yang sedang bekerja di bawah tekanan dan ketegangan, perlu mengurangi stress. Kamu yang sedang dalam lingkungan pekerjaan seperti ini, perlu memperbanyak kegiatan di luar pekerjaan yang merilekskan, seperti yoga dan teknik relaksasi lainnya.

Perbanyak Olahraga

Memiliki tubuh yang sehat dan fit merupakan syarat agar aliran darah lancar, termasuk aliran darah ke kepala yang dapat mencegah timbulnya uban dini serta memperbaiki pertumbuhan rambut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian ESDM Bakal Terangi 1.000 KM Jalan Pakai Lampu Tenaga Surya

Posted: 07 Mar 2019 09:22 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) akan membangun 21.280 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU TS) pada 2019, atau setara dengan menerangi jalan sepanjang  kurang lebih 1000 Kilo Meter (KM).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulayana mengatakan, PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN.

Selain itu, pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN (bersifat stand alone) tetapi ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya.

"Dasar hukum Pemasangan PJU-TS adalah Permen ESDM Nomor 12 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral Nomor 39 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru Dan Energi Terbarukan Serta Konservasi Energi," kata Rida, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (8/3/2019).

Rida mengungkapkan, infrastruktur PJU TS yang dibangun merupakan usulan dari pemerintah daerah (pemda), provinsi atau kabupaten/kota yang asetnya selanjutnya akan diserahkan ke pemda pengusul untuk dipelihara.

"Pemasangan PJU TS BerdasarkanKementerian usulan pemerintah daerah," tutur dia.

Menurut dia, Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya juga dipasang di lokasi terdampak bencana sebanyak 1.100 titik yang distribusinya di Sigi 400 titik, Donggala 400 titik, Lombok 200 titik dan Sumbawa 100 titik.

"Sebelumnya, Kementerian ESDM juga telah membangun 30 ribu PJU TS, untuk sepanjang 1.500 KM jalan umum di 200 Kabupaten dari 2016 sampai dengan 2018," ujar dia.

 

1.200 Lampu Tenaga Surya Terangi Jalan 4 Kabupaten di Jawa Timur

Lampu tenaga surya di jalan raya. Dok: PLN

Sebelumnya, jalan raya di empat Kabupaten Jawa Timur yakni Gresik, Lamongan, Tuban, dan Bojonegoro semakin terang usai hadirnya 1.200 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang dibangun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Penyerahan unit tersebut dilakukan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto pada Sabtu, 9 Februari 2019.

Dia menuturkan, PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang mengandalkan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya.

"Ini bisa menjadi menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN tapi ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya," terang dia di Gresik, seperti dikutip Minggu 10 Februari 2019.

Sebagai informasi, lampu yang digunakan untuk penerangan tenaga surya ini adalah jenis LED, sehingga lebih hemat energi dan memiliki masa pakai yang lebih panjang dengan dipasangi panel surya bermuatan 40 watt. Secara daya tahan, lampu otomatis akan menyala pada sore hari hingga menjelang pagi.

Dalam pemberian PJU-TS kali ini, Kementerian ESDM menaruh sebanyak 150 unit di Kabupaten Gresik, 450 unit di Kabupaten Tuban, serta masing-masing 300 unit untuk Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro.

Dwi mengungkapan kehadiran PJU -TS merupakan wujud implementasi transformasi kebijakan energi dari penggunaan energi konvensional menuju energi baru terbarukan.

Pemerintah pusat disebutkannya berpesan kepada Pemerintah Daerah supaya menjaga fasilitas PJU-TS yang telah diberikan. "Nanti akan dikelola dan dipelihara oleh Pemda, saya harap menjaga sebaik mungkin," imbuhnya.

Adapun pada pada 2018 lalu wilayah Jawa Timur telah mendapatkan alokasi penerang jalan tenaga surya sebanyak 3.288 titik oleh Kementerian ESDM. Secara keselurahan, pada tahun kemarin program ini ditargetkan mampu menerangi jalan raya di 26 Provinsi.

"Kami sudah menggarkan dana sekitar Rp 416 miliar dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.864 titik," pungkas Dwi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tantangan Sektor Konstruksi 4.0

Posted: 07 Mar 2019 09:20 PM PST

Pekerja menyelesaikan proyek LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0, salah satunya adalah SDM yang menguasai sistem IT. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan proyek LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0, salah satunya adalah SDM yang menguasai sistem IT. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Kementerian PUPR mengungkapkan ada sejumlah tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Kementerian PUPR mengungkapkan ada sejumlah tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan proyek LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0, salah satunya adalah SDM yang menguasai sistem IT. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan proyek LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0, salah satunya adalah SDM yang menguasai sistem IT. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Kementerian PUPR mengungkapkan ada sejumlah tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Kementerian PUPR mengungkapkan ada sejumlah tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan proyek LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0, salah satunya adalah SDM yang menguasai sistem IT. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja menyelesaikan proyek LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0, salah satunya adalah SDM yang menguasai sistem IT. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Kementerian PUPR mengungkapkan ada sejumlah tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pekerja konstruksi menyelesaikan pembangunan LRT Jabodebek rute Cawang-Dukuh Atas di Cawang, Jakarta, Jumat (8/3). Kementerian PUPR mengungkapkan ada sejumlah tantangan di sektor jasa konstruksi pada era Revolusi Industri 4.0. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ciri-Ciri Planet Dalam Tata Surya yang Wajib Diketahui Pecinta Astronomi

Posted: 07 Mar 2019 09:15 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Mengetahui serta mempelajari mengenai tata surya memang hal yang menyenangkan. Dalam sistem tata surya sendiri memiliki banyak benda langit yang bertebaran. Salah satu dari benda langit yang ada pada sistem tata surya ialah planet.

Planet yang ada pada sistem tata surya saat ini pun ada 8 termasuk Bumi. Selain itu tata surya pun termasuk dalam sebuah galaksi, yaitu galaksi Bimasakti. Galaksi sendiri berupa gugusan bintang dengan jumlah sangat banyak.

Matahari dan juga bintang yang biasa kamu ketahui itu pun termasuk dalam salah satu gugusan bintang pada galaksi bimasakti. Selain ada matahari dan bintang, pada galaksi Bimasakti pun terdapat planet di dalamnya. Setiap planet pun memiliki karakteristik tersendiri, sehingga kamu bisa dengan mudah untuk membedakannya.

Planet sendiri ialah sebuah benda astronomi yang mengorbit pada sebuah bintang yang cukup besar dan memiliki gravitasi tersendiri. Tentu saja bagi seseorang yang tertarik dengan dunia astronomi baik itu orang awam ataupun seorang astronom, mengetahui ciri-ciri planet bukan hal yang susah untuk dilakukan.

Beberapa ciri-ciri planet yang bisa dijadikan patokan untuk pembedanya anatar lain jarak planet tersebut dengan matahari dan juga ukuran planet.

Kedua hal ini cukup mudah diingat untuk membedakan ciri-ciri planet yang satu dengan yang lainnya. Selain itu, mengetahui tentang tata surya dan juga ciri-ciri planet pun tentu saja pernah dipelajari sewaktu masa sekolah ya.

Akan tetapi beberapa dari kamu mungkin telah lupa karena sudah lama tidak mempelajari mengenai astronomi. Namun jangan khawatir, Liputan6.com telah merangkum mengenai ciri-ciri planet dari berbagai sumber, Jumat (8/3/2019).

Ciri-ciri Planet Dalam

1. Planet Merkurius

(Sumber: iStockphoto)

Planet Merkurius merupakan planet terkecil di dalam tata surya. Selain itu, planet ini pun memiliki jarak terdekat dengan matahari. Jarak dari Planet Merkurius dengan Matahari ini pun mencapai 57 juta kilometer.

Selain itu, planet ini pun termasuk dalam jajaran planet dalam di tata surya.termasuk planet yang dekat dengan matahari, maka tak heran jika suhu pada planet ini cukup ekstrem.

Pada siang hari saja suhu di Planet Merkurius ini mencapai 430 derajat celcius dengan suhu rata-rata mencapai 70 derajat celcius. Sedangkan pada malam hari suhunya bisa mencapai -180 derajat celcius.

Ciri-ciri planet Merkurius lainnya ialah memiliki periode rotasi sebanyak 59 hari dan revolusi 88 hari. Diameter planet Merkurius ini pun mencapai 4.880 kilometer.

 

2. Planet Venus

(Sumber: iStockphoto)

Ciri-ciri planet Venus itu sendiri ialah memiliki periode rotasi selama 243 hari dan revolusi 225 hari. Selain itu, planet ini pun sering disebut sebagai bintang fajar ataupun bintang senja.

Planet yang memiliki jarak terdekat dari bumi ini bisa mencapai 38,2 juta kilometer. Sedangkan untuk jarak Planet Venus ke Matahari mencapai 108,2 juta kilometer.

Ciri-ciri planet Venus lainnya ialah, ukuran planet ini hampir sama dengan ukuran planet bumi dengan selisih diameter mencapai 605 kilometer. Karena planet ini memiliki ukuran yang hampir mirip dengan Bumi, maka tak heran jika Planet Venus memiliki julukan sebagai kemabaran Bumi.

Suhu pada planet ini terbilang cukup panas yaitu bisa mencapai 462 derajat celcius. Bahkan suhu Planet Venus ini lebih panas dibandingkan Planet Merkurius. Hal ini karena lapisan atmosfer pada Planet Venus ini memiliki tekanan 92 kali lebih besar dari Bumi.

 

3. Planet Bumi

(Sumber: iStockphoto)

Bumi menjadi satu-satunya planet berpenghuni dan juga memiliki kehidupan di dalamnya. Ciri-ciri planet Bumi itu sendiri ialah jaraknya dengan Matahari yang mencapai 149,6 juta kilometer. Selain itu bumi juga termasuk planet dalam yang memiliki ukuran terbesar dibandingkan dengan planet dalam lainnya.

Permukaan bumi sendiri lebih banyak dipenuhi oleh air baik itu lautan ataupun danau. Planet Bumi memiliki diameter sebesar 12.742 kilometer. Selain itu suhu pada bumi tidak terlalu panas ataupun dingin yaitu suhu terendah bumi minal -89 derajat celcius dan maksimal 57 derajat celcius.

Selain itu, periode rotasi ini ialah 24 jam atau satu hari, dan periode revolusi Bumi ialah 365 hari atau satu tahun. Bumi pun memiliki sebuah satelit alami yaitu Bulan.

 

4. Planet Mars

(Sumber: iStockphoto)

Planet Mars merupakan planet dalam terakhir. Ciri-ciri planet Mars sendiri ialah memiliki permukaan berwarna merah, sehingga julukan planet ini pun planet merah. Hal ini dikarenakan Planet Mars memiliki kandungan besi oksida cukup tinggi pada permukaannya.

Planet Mars merupakan planet keempat dalam urutan tata surya, hal ini karena jarak antara Planet Mars dan Matahari mencapai 227 juta kilometer.

Diameter pada planet ini pun mencapai 6.779 kilometer. Mars sendiri memiliki lapisan atmosfer yang lebih tipis dibandingkan dengan Bumi. Sedangkan jarak rotasi mars hanya berbeda 0,6 jam dari bumi, yaitu sebanyak 24.6 jam.

Untuk perioder revolusi dari mars ini hampir 2 kali Bumi, yaitu 687 hari. Mars juga memiliki satelit sendiri loh, yaitu satelit Phobos dan satelis Demos.

 

Ciri-ciri Planet Luar

5. Planet Jupiter

(Sumber: iStockphoto)

Planet Jupiter sendiri termasuk planet terbesar dalam tata surya, hal ini karena diameter Jupiter mencapai 139.822 kilometer. Selain itu, Jupiter sendiri memiliki lapisan cincin tipis yang terbuat dari debu sebanyak 3 bagian.

Jarak planet Jupiter ke Matahari pin mencapai 778,55 juta kilometer. Planet Jupiter merupakan salah satu dari bagian planet terluar. Menariknya planet Jupiter ini tidak memiliki permukaan yang padat. Karena termasuk dalam planet gas.

Suhu pada permukaan Jupiter ini dari -108 derajat celcius hingga -158 derajat celcius. Atmosfer pada planet ini, merupakan atmosfer terbesar yang dimiliki oleh tata surya.

Sedangkan untuk periode rotasi Jupiter hanya membutuhkan waktu 10 jam, dan untuk periode revolusi membutuhkan waktu 11,86 tahun. Planet Jupiter pun memiliki 67 satelit alami, akan tetapi baru 16 yang memiliki nama.

 

6. Planet Saturnus

(Sumber: iStockphoto)

Planet Saturnus sendiri merupakan planet keenam dalam jajaran tata surya. Letak dari planet ini pun cukup jauh dari Bumi. Ciri-ciri planet Saturnus yang sangat terkenal ialah cincin yang dimiliki oleh planet ini.

Cincin pada Saturnus sendiri terbentuk karena gumpalan es yang ada disekitar planet. Jarak Matahari dan Planet Saturnus ini pun mencapai 1,4 miliar kilometer. Saturnus pun termasuk dalam jajaran planet luar di tata surya, selain itu permukaan pada planet ini terdiri atas helium, hidrogen dan juga es.

Oleh sebab itu suhu pada permukaan planet ialah -136 derajat celcius hingga -186 derajat celcius. Atmosfer dari planet ini pun hanya terdiri dari gas amonia dan juga metana.

Untuk periode rotasi dari Planet Saturnus ialah 10,7 jam dan untuk revolusi, planet ini membutuhkan waktu sekitar 29,5 tahun. Satelit alami yang dimiliki oleh Saturnus pun cukup banyak yaitu sekitar 56 satelit.

 

7. Planet Uranus

(Sumber: iStockphoto)

Warna permukaan pada Planet Uranus ini terbilang cantik, yaitu berwarna biru muda. Selain itu, ciri-ciri planet uranus yang cukup unik ialah cincin yang ada pada planet itu melingkar vertikal, tidak seperti Saturnus dan juga Jupiter yang memiliki cincin horizontal. Jarak dengan Matahari pun cukup jauh yaitu mencapai 2,7 miliar kilometer.

Seperti planet luar lainnya, suhu pada permukaan Uranus pun cukup rendah yaitu -194 derajat celcius hingga -271 derajat celcius.

Untuk periode rotasi pada Planet Uranus membutuhkan waktu sebanyak 17 jam dan untuk revolusi, Uranus membutuhkan waktu selama 84 tahun. Satelit yang dimiliki oleh Uranus sendiri berjumlah 27 buah, tapi baru 15 yang telah memiliki nama.

 

8. Planet Neptunus

(Sumber: iStockphoto)

Planet ini diberi nama seperti nama dewa laut Romawi yaitu Neptunus. Ciri-ciri planet ini memiliki warna biru keunguan pada permukaannya. Planet Neptunus juga memiliki cincin tipis yang melingkar secara horizontal.

Di mana cincin ini tersusun karena gumpalan partikel es yang ada di sekitar planet. Jarak planet ini ke Matahari ialah 4,5 Miliar kilometer. Hal ini dikarenakan Planet Neptunus merupakan planet terjauh dari Matahari.

Diameter planet ini pun mencapai 49.244 kilometer. Planet ini pun dikenal dengan nama Samudra Air Amonia, hal ini karena permukaan planet Neptunus tersusun dari air, amonia dan juga metana.

Karena planet ini merupakan planet terjauh dari Matahari, maka tak heran jika suhu planet ini mencapai -198 derajat celcius hingga -215 derajat celcius. Untuk periode rotasi pada Planet ini membutuhkan waktu sebanyak 16 jam, dan untuk periode revolusi membutuhkan waktu selama 165 tahun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Mendapatkan Pacar dengan Cepat, Jomblo Wajib Tahu

Posted: 07 Mar 2019 09:10 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Memiliki seorang kekasih atau pun pacar merupakan keinginan seseorang. Tentu saja hal ini sangat wajar, karena setiap manusia pasti ingin merasakan dicintai dan juga mencintai. Serta bagi kamu yang telah move on dari cinta yang lama, memiliki seorang kekasih baru bisa jadi pilihan yang tepat. Karena kamu bisa kembali mengukir cerita cinta kamu.

Kadang kala kamu yang telah terlalu lama menyendiri alias jomblo bisa jadi kebingungan bagaimana cara mendapatkan pacar. Namun kamu tak perlu khawatir ataupun putus asa. Karena cara mendapatkan pacar bisa kamu peroleh dengan berbagai hal. Bahkan beberapa faktor pun berpengaruh untuk membuat seseorang bisa jatuh cinta kepada kamu.

Salah satu cara mendapatkan pacar ialah dengan pendekatan atau PDKT. Akan tetapi pada masa PDKT sebaiknya jangan terlalu lama ya. Karena jika terlalu lama kamu melakukan PDKT maka bisa jadi kamu terjebak dalam lingkaran friendzone.

Jika kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan pacar dengan cepat namun tepat, kamu bisa menggunakan cara mendapatkan pacar berikut ini. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2019) mengenai cara mendapatkan pacar dengan cepat.

1. Pendekatan

Cara Mendapatkan Pacar (Sumber: iStockphoto)

Tentu saja sebelum kamu memulai untuk memutuskan berpacaran, kamu akan melakukan pendekatan terlebih dahulu. Pendekatan merupakan cara mendapatkan pacar yang harus kamu lalui. Hal ini dikarenakan melalui sebuah pendekatan kamu akan memiliki kesempatan untuk saling berkomunikasi bahkan saling bertatap muka.

Bahkan dari pendekatan ini seseorang juga bisa merasakan jatuh cinta. Kenapa hanya dari pendekatan seseorang bisa jatuh cinta? Ternyata sebuah kebiasaan atau pengulangan Repeated Exposure inilah penyebabnya. Sesuatu yang dilakukan secara berulang-ulang dengan seseorang isa menimbulkan rasa suka. Meskipun kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang merupakan hal yang sederhana.

Cara mendapatkan pacar dengan melakukan Repeated Exposure saat pendekatan bisa pula untuk menunjukan penegasan perasaan kepada seseorang. Maka jika ada yang mengatakan jatuh cinta pada pandangan pertama, pasti seseorang tersebut akan tetap menjalani proses pendekatan terlebih dahulu. Mencari pacar pun bisa kamu dapatkan saat kamu sering mengunjungi suatu tempat. Tapi bila kamu hanya menghabiskan waktu di rumah dan di kantor saja ya kesempatan untuk mendapatkan pacar pun semakin sedikit.

2. Pergi dan lakukan hal-hal baru

Cara Mendapatkan Pacar (Sumber: iStockphoto)

Jika kamu ingin mendapatkan seorang pacar tapi tempat yang sering kamu datangi hanya kantor dan rumah saja, tentu tak akan berhasil. Oleh karena itu coba untuk mendatangi tempat baru dan bersosialisasi dengan orang baru. Bahkan kamu bisa untuk mendaftar pada kegiatan tertentu untuk mendapatkan teman baru. Jangan takut untuk pergi ke tempat yang mungkin bukan kamu banget

Karena jika kamu memiliki lingkaran pertemanan yang lebih besar, maka kesempatan untuk mendapatkan pacar pun semakin terbuka. Selain itu, kamu bisa loh melakukan kegiatan baru disuatu tempat. Tentu saja memiliki teman lebih banyak dan bisa bersosialisasi merupakan cara mendapatkan pacar yang cukup efisien. Meskipun begitu dirasa cukup sulit, tapi kamu perlu untuk mencobanya.

3. Karakter yang sama

Cara Mendapatkan Pacar (Sumber: iStockphoto)

Jika ingin menjalin sebuah hubungan tentu saja, karakter seseorang tersebut bisa menjadi pertimbangan. Karena pada dasarnya setiap orang memiliki dua karakter yang berbeda sekaligus. Dalam diri seseorang pun pasti memiliki sisi yang baik dan juga buruk. Jika kamu menjalin hubungan dengan seseorang pastikan kamu telah mengetahui karakter orang tersebut dengan baik.

Karena saat kamu mengetahui karakter dari calon pacar kamu, maka bila di masa depan menemui konflik, kalian bisa tahu bagaimana cara mengatasinya. Bahkan akan lebih baik jika kamu dan pasangan memiliki karekter yang sama. Tentu saja jika kamu memiliki karakter yang sama nantinya hubungan kamu akan lebih awet dan juga tahan lama.

Maka cara mendapatkan pacar yang tepat ialah kamu harus tahu bagaimana karakter seseorang. Selain itu, seorang ahli bernama Robert Cialdini pun menekankan pada persamaan ketika mengenal seseorang. Karena memiliki persamaan merupakan salah satu kunci dari sebuah hubungan yang langgeng.

4. Jadilah menarik dan nyaman

Cara Mendapatkan Pacar (Sumber: iStockphoto)

Cara mendapatkan pacar yang bisa dikatakan wajar ialah melihat pada kecantikan ataupun ketampanan seseorang. Namun menjadi cantik dan juga tampan belum tentu bisa mendapatkan pacar dengan cepat lho. Untuk bisa cantik ataupun tampan kamu bisa saja melakukan perawatan dan juga berias.

Tapi yang terpenting ialah menjadi seseorang yang menarik. Dalam diri seseorang tentu saja memiliki sisi menarik yang akan membuat orang lain terpesona. Kamu hanya perlu menonjolkan sisi menarik dalam diri kamu. Meski begitu pertama kali seseorang akan tertarik dengan lawan jenis dilihat dari fisik.

Tapi ketertarikan fisik pun tidak serta merta bisa membuat kamu mendapatkan pacar. Kamu pun harus bisa membuat seseorang nyaman berada di dekat kamu. Karena bila seseorang telah nyaman, maka akan sulit untuk pergi dan melepaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daihatsu Punya Ayla Turbo, Bagaimana dengan Toyota Agya?

Posted: 07 Mar 2019 09:05 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) secara resmi memperkenalkan modifikasi, Daihatsu Ayla Turbo. Sebelumnya, mobil di kelas Low Cost Green Car (LCGC) tersebut telah dipamerkan pada gelaran otomotif bergengsi di Tangerang Selatan, beberapa waktu lalu.

Diklaim memiliki tenaga maksimal, akankah Toyota Agya dijejali perubahan yang sama?

Menanggapi hal tersebut, Anton Jimmi, Direktur Pemasaran Toyota Astra Motor (TAM) mengaku saat ini pihaknya tidak memiliki rencana untuk mengikuti jejak kembarannya tersebut.

"Sementara ini kami belum memiliki rencana terkait hal itu. Memang hal itu (Ayla Turbo) plan project-nya Daihatsu, jadi kami enggak bisa berkomentar," kata Anton.

Meski bekerja sama dalam hal produksi, Anton menegaskan pihaknya dengan Daihatsu memiliki sistem marketing yang berbeda.

"Kalau Daihatsu melakukan hal itu, bukan berarti kami juga harus ikut melakukannya. Karena basic-nya kami kerja sama di development dan produksi, tapi kalau urusan marketing berjalan sendiri-sendiri," ujarnya.

Selanjutnya

Sebagai bagian dari tren otomotif, mobil konsep Daihatsu Ayla turbo ini dirancang untuk menunjukkan kemampuan rancang bangun R&D Daihatsu di Indonesia. Selain itu, mobil ini juga untuk memberikan inspirasi dalam memodifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi turbo.

Modifikasi Daihatsu Ayla turbo ini memiliki perubahan yang signifikan, meliputi mesin, transmisi, knalpot, bodi, suspensi, roda, dan yang utama adalah penyematan komponen turbocharger, sehingga mobil konsep Ayla turbo ini layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang ditetapkan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Tak hanya itu, melalui uji coba dengan pengetesan mobil yang dilakukan Daihatsu, Ayla turbo menghasilkan tenga sebesar 200 Tk dengan torsi 242 Nm. Dan akselarasi dari 0 sampai 100 km/jam yang dapat ditempuh 10,3 detik. Tenaga dari mesin tersebut lebih besar dibanding Toyota 86 standar. Toyota 86 mengadopsi mesin 2,0 liter boxer yang menghasilkan tenaga 197 Tk dengan torsi puncak 205 Nm.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cadangan Devisa RI Naik Jadi USD 123,3 Miliar pada Februari

Posted: 07 Mar 2019 09:04 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa Indonesia naik USD 3,2 miliar dari posisi USD 120,1 miliar pada akhir Januari 2019 menjadi USD 123,3 miliar pada akhir Februari 2019.

Posisi cadangan devisa itu setara dengan pembiayaan 6,9 bulan impor atau 6,7 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar tiga bulan impor.

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan.

"Peningkatan cadangan devisa pada Februari 2019 terutama dipengaruhi oleh penerbitan sukuk global pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya," ujar Direktur Departemen Komunikasi BI, Junanto Herdiawan, dalam laman BI, Jumat (8/3/2019).

Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

 

Cadangan Devisa Januari 2019

Karyawan menghitung uang kertas rupiah yang rusak di tempat penukaran uang rusak di Gedung Bank Indonessia, Jakarta (4/4). Selain itu BI juga meminta masyarakat agar menukarkan uang yang sudah tidak layar edar. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, cadangan devisa Indonesia tercatat USD 120,1 miliar pada akhir Januari 2019. Namun, cadangan devisa itu dinilai cukup tinggi.

Dikutip dari laman Bank Indonesia, Kamis 7 Februari 2019, cadangan devisa Indonesia mencapai USD 120,1 miliar, sedikit lebih rendah dibandingkan akhir Desember 2018 yang mencapai USD 120,7 miliar. Cadangan devisa itu turun USD 600 juta.

"Penurunan nominal cadangan devisa pada Januari 2019 dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman.

Ia menuturkan, cadangan tersebut tersebut setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor serta pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Selain itu, cadangan devisa Indonesia berada di atas kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," ia menambahkan.

Bank Indonesia optimistis cadangan devisa tersebut masih mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan negara.

Ke depan, Bank Indonesia percaya cadangan devisa akan tetap memadai, didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berdasarkan Zodiak, Ini Genre Film yang Cocok Untukmu

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu suka merasa kecewa saat film yang kamu tonton tidak sesuai dengan harapanmu? Hmm.. Mungkin kamu belum menonton genre film yang cocok denganmu. Namun, dilansir dari cultureastrology, ternyata berdasarkan zodiak kita, kamu bisa menemukan genre film yang cocok dengan sifat-sifat yang kamu miliki berdasarkan zodiak. Berikut ulasannya:

1. Aries (21 Maret - 19 April)

Jika kamu seorang Aries, maka kamu akan cocok dengan film bergenre romantis yang akan membantumu refreshing dari aktifitas rutin. Film bergenre petualangan yang seru atau film action juga cocok untuk dirimu karena akan membuatmu bersemangat.

Orang berzodiak Aries identik dengan lambang api, yang memiliki energi tak terbatas, keberanian dan semangat untuk berkompetisi. Film action seperti serial "James Bond" sangat cocok untukmu.

2. Taurus (20 April - 20 Mei)

Untuk kamu yang berzodiak Taurus, film komedi ringan akan membuatmu tertawa dan sejenak melupakan masalah-masalah yang sedang dihadapi. Taurus adalah orang-orang yang tegas, kreatif, dan mementingkan keindahan, kenyamanan dan juga kepuasan materi. Film-film bergenre klasik dan musikal bisa jadi daftar film favorit yang cocok untukmu.

3. Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Ilustrasi website (pixabay.com)

Jika kamu berzodiak Gemini, maka kamu adalah orang yang penyayang, memiliki keingintahuan yang besar, baik hati dan suka mencoba hal-hal baru. Dengan sifat-sifat seperti ini, kamu cocok dengan film bergenre drama, thriller, horror dan juga misteri. Film seperti "Eternal Sunshine of the Spotless Mind" yang penuh teka-teki bisa jadi film yang tepat untukmu.

4. Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Sebagai seorang Cancer, kamu adalah orang yang sangat emosional, intuitif, namun kamu selalu menutup diri. Kamu dapat dan cocok menonton film apa saja, khususnya film dengan unsur drama dan romantis lebih bagus.

5. Leo (23 Juli - 22 Agustus)

Berzodiak Leo, kamu adalah orang yang memiliki sifat penyayang, sabar, dan baik hati, namun biasanya lebih suka menyendiri dan memiliki pemikiran dangkal. Dengan beberapa sifat yang kamu miliki, kamu bisa memilih film bergenre apa saja sesuai dengan mood yang sedang kamu rasakan. Kamu dapat menonton film misteri, drama maupun film romantis dan juga komedi.

6. Virgo (23 Agustus - 22 September)

Ilustrasi hewan peliharaan.

Kamu adalah orang yang praktis dan analitis. Kamu menyukai film dokementer, thriller, science fiction dan juga film berdasarkan kisah nyata. Kamu juga suka mencari dan ingin tahu subjek atau cerita yang ada dalam film yang telah kamu tonton.

Film science fiction yang mungkin kamu suka adalah "The Matrix." Kamu juga suka film semi dokumenter mengenai hewan, seperti film "Hachiko" yang menyentuh bisa jadi film yang cocok untukmu.

7. Libra (23 September - 22 Oktober)

Jika kamu berzodiak Libra, kamu adalah orang yang berjuang untuk mendapatkan keseimbangan, keadilan dan juga harmoni. Kamu juga ingin bersantai dengan menikmati film bergenre komedi. Selain itu, kamu juga memiliki sifat yang sentimental, maka kamu cocok dengan film bergenre drama.

8. Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Kamu Scorpio? Maka kamu adalah orang yang misterius, bersemangat dan kamu juga memiliki sifat humor. Kamu menyukai film horror, petualangan superhero, film thriller mengenai pembunuhan, dan juga film action. Kamu menyukai teka-teki dan misteri yang ada di dalam film tersebut. Film seperti "The Ring," "Good Will Hunting," adalah film yang cocok untukmu.

9. Sagitarius (22 November - 21 Desember)

Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/Ashley Schulze.

Jika kamu adalah Sagitarius, kamu adalah seorang petualang yang selalu muncul di depan, namun di bagian terdalam dari dirimu kamu juga memiliki sifat yang ramah dan lembut yang juga menyukai film-film romantis. Film bertema komedi romantis seperti "The Proposal" bisa menjadi film yang cocok untukmu.

Film komedi action seperti "Johnny English" atau "Casino Royale" bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga orang yang suka jalan-jalan, maka film yang memiliki pengambilan gambar dan sinematografi yang bagus cocok untukmu.

10. Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

Kamu adalah orang yang sangat sayang kepada keluarga. Film-film bergenre keluarga seperti "Finding Nemo," "Despicable Me," "The Lion King" adalah film yang cocok untukmu. Bagimu, menonton film yang bagus adalah jika ditemani dengan orang-orang tersayangmu. Selain itu, kamu juga cocok dengan film-film komedi yang bertema science fiction seperti "Guardians of Galaxy" atau "Men In Black".

11. Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Kamu yang lahir dengan zodiak Aquarius adalah orang yang cerdas, nyentrik, filosofis dan berjiwa kemanusiaan. Ketika dihadapkan pilihan genre film, kamu akan lebih suka film yang berdasarkan kisah nyata, film sejarah, thriller dan juga horror. Kamu juga suka film peperangan seperti film "War of The World" dan juga film science fiction tentang naga, monster dan mahluk-mahluk mitos seperti film "Narnia."

 

12. Pisces (19 Februari - 20 Maret)

ilustrasi menonton

Sebagai orang Pisces, kamu adalah orang yang penyayang, bijak, intuitif dan empatik. Kamu tidak terlalu memikirkan genre film apa yang pas untukmu, yang terpenting adalah bisa menghabiskan waktu menonton film bersama orang-orang yang kamu sayangi. Kamu juga menyukai film komedi romantis seperti "The Princess Diaries" atau "Crazy, Stupid, Love."

Selamat menonton film sesuai dengan zodiakmu!

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Unviersitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Aktris Brie Larson berpose disamping pesawat antariksa yang ia gunakan di film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serasa Dunia Milik Berdua, Sepasang Remaja Mesum di Alun-Alun Jember

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jember - Video viral berdurasi 30 menit berisi adegan sepasang remaja sedang mesum di trotoar Alun-alun Jember membuat heboh banyak orang. Video tersebut beredar dengan cepat melalui aplikasi Whatsapp pribadi maupun grup di Jember.

Kasatpol PP Pemkab Jember, Arif Tjahjono kepada Liputan6.com menjelaskan, pasangan mesum itu memanfaatkan situasi petugas yang sedang kosong.

"Kemungkinan pasangan tersebut menggunakan sore hari. Sebab, kalau siang hari, akan terjaring razia Satpol PP," katanya, Jumat (8/3/2019).

Alun-alun Kota Jember, kata Arief, merupakan ruang publik siapapun boleh datang dan memanfaatkan alun-alun, untuk kegiatan politik dan bisnis. Namun penggunaannya, harus memperhatikan aspek moral dan sopan santun.

Video tersebut pertama kali terpantau di histori status Wahtsapp milik salah satu warga Jember, berisi adegan muda-mudi yang lagi kasmaran, dan dianggap kurang pantas di ruang publik.

"Saya mendapatkan kiriman, dari teman saya," ujar pria muda Jember yang enggan disebut namanya.

Adegan mesum, dilakukan laki-laki muda mengenakan kaos warna merah dan remaja putri mengenakan jilbab. Dunia serasa milik berdua, tidak mempedulikan warga yang lalu lalang. Bahkan di depannya ada lapangan, banyak orang lain sedang olahraga.

"Keduanya sepertinya asyik memadu kasih, tangan remaja putri bergelayut sambil menciumi lelaki muda, yang duduk di trotoar alun-alun, depan kantor Pemkab Jember, Jalan Sudarman," katanya.

Video mesum itu sendiri diduga direkam oleh remaja putri yang tak jauh dari lokasi tersebut.

Si perekam juga menulis caption yang berbunyi "Jember keras, udah tau di tempat umum yang cewek malah nafsu banget ciumin cowok, pakai hijab lagi, gak malu apa".

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Theresa Serber Malkiel, Wanita Terlupakan di Balik Hari Perempuan Internasional

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Hari Perempuan Internasional sesungguhnya tak bisa dilepaskan dari sosok Theresa Serber Malkiel. Meski tak terkait langsung dengan peringatan setiap 8 Maret ini, dialah orang pertama yang menyarankan adanya peringatan Hari Perempuan pertama kali di dunia. 

Malkiel adalah sosok penting kehadiran Hari Perempuan Nasional di Amerika Serikat. Pada, 1909, Hari Perempuan Nasional negera itu pertama kali diselenggarakan Partai Sosialis.

Lalu, konsep tentang Hari Perempuan diikuti negara-negara lain di seluruh Eropa. Disusul pada 1910, sebuah Konferensi Internasional Perempuan Bekerja diadakan di Kopenhagen, Denmark. Dalam konferensi itu, Clara Zetkin dari Partai Sosial Demokratis Jerman mengajukan gagasan adanya Hari Perempuan Internasional. 

Berdasarkan kesepakatan di Kopenhagen, beberapa negara pada 1911 memeringati Hari Perempuan Sedunia yakni di Austria, Denmark, Jermak, dan Swiss seperti dikutip laman internationalwomensday.com.

Lalu, siapakah Malkiel?

Malkiel memiliki beberapa kontribusi menggerakkan kaum perempuan di Amerika. Fokus utama Malkiel adalah memobilisasi perempuan pekerja imigran untuk menuntut hak-hak dasar dan kesetaraan.

Malkiel lahir pada 1 Mei 1874 di sebuah kota kecil bernama Bar, di bagian Polandia dan dibesarkan dalam keluarga Yahudi ini kemudian mendarat di New York pada tahun 1891. Ia mendapatkan pekerjaan di salah satu pabrik pakaian di sana, dilansir dari The Indian Express, Jumat, 8 Maret 2019.

Ia mulai bekerja sebagai pembuat jubah di industri garmen yang sangat buruk aturannya. Selama bekerja, ia rupanya membentuk Women's Infant Cloak Makers' Union, organisasi pertama yang fokus pada kebutuhan perempuan pekerja.

Penelitian tentang Malkiel yang diterbitkan From Sweatshop Worker to Labor Leader: Theresa Malkiel, a Case Study, sejarawan Sally M Miller mencatat, tahun 1890-an, Kota New York terdapat pertumbuhan dan perkembangan beberapa kelompok swadaya imigran Yahudi.

Malkiel menjadi salah satu wanita pertama di Amerika yang peduli terhadap nasib wanita pekerja imigran. Serikat pekerja yang didirikannya berjuang keras untuk menyuarakan hak-hak perempuan pekerja pabrik.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Mobilisasi pekerja perempuan

Malkiel juga memobilisasi pekerja wanita. (AP Photo/Dita Alangkara)

Namun, Malkiel menyadari, solidaritas ekonomi tanpa mobilisasi politik tidak dapat memberikan hasil.

"Sosialisme menjadi jalan menuju kemerdekaan, menuju persemakmuran bersama pekerja, yang akan membangun kesetaraan bagi semua," tulis Miller.

Berkat menyuarakan hak pekerja wanita, Malkiel menjadi wanita pertama yang naik dari jajaran pekerja pabrik ke dalam kepemimpinan Partai Sosialis. Pada 1896, ia diangkat menjadi delegasi konvensi Socialist Trades and Labour Alliance.

Pada saat it, ia menjadi bagian dari Partai Buruh Sosialis. Beberapa tahun kemudian, ia bergabung dengan Partai Sosialis Amerika. Partai Sosialis pun tidak melarang perempuan untuk menjadi anggotanya. Pihak Partai Sosialis bahkan menyatakan komitmen memastikan kesetaraan bagi laki-laki dan perempuan.

Pada tahun 1907, Malkiel memulai gerakan perempuan sosialis secara terpisah. Ia juga menunjukkan, perlunya organisasi nasional sosialis perempuan yang terpisah.

"Perempuan sudah bosan dengan posisi mereka sebagai pembuat kue dan pengumpul uang," kata Malkiel.

Melihat hal itu, Partai Sosialis membentuk departemen perempuan dan Komite Nasional Perempuan sebagai badan eksekutifnya. Malkiel terpilih menjadi anggota komite sekaligus aktivis wanita imigran terkemuka.

Hak pilih untuk wanita

Hak pilih wanita juga disuarakan Malkiel. (Liputan6.com/M.Iqbal)

Selama aktif di Partai Sosialis, Malkiel menghadiri beberapa konvensi sebagai perwakilan delegasi, berkampanye lantang untuk hak-hak perempuan imigran, dan membantu memobilisasi pemogokan pekerja imigran.

Pada 1909, ia secara aktif mendukung pemogokan Shirtwaist di New York. Partai Sosialis mendukung para pemogok dengan dana dan publisitas dari November 1909 hingga Februari 1910. Dalam 'Diary of Striker Shirtwaist', Malkiel menggambarkan, pemogokan tersebut termasuk bentuk solidaritas dengan pekerja imigran dalam perjuangan meraih hak asasi manusia.

Masalah lain yang menjadi fokus Markeil adalah hak perempuan untuk memilih. Ia berkampanye untuk pemungutan suara di Negara Bagian New York dan di lokasi lain.

Pada 1914, ia memimpin kampanye pemilihan Sosialis di New York. Dua tahun kemudian, ia menjadi satu dari tiga wanita yang dikirim oleh Komite Eksekutif Nasional untuk kampanye pemilihan di lintas negara.

Malkiel berpendapat, hak pilih adalah masalah keadilan. Pada1912, ia pernah mengajukan argumen, hak pilih perempuan akan diberikan dalam beberapa tahun ke depan.

Jika partai (Partai Sosialis) tersebut tidak mendukung gerakan, maka akan digulingkan dalam pemungutan suara oleh wanita yang diberi hak pilih.

Malkiel meninggal pada 17 November 1949. Pada saat itu, perannya sebagai reformis sosialis radikal atas isu-isu perempuan sebagian besar telah dilupakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Cara Menarik Konsumen agar Beli Dagangan Anda

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan pelayanan terbaik tentu saja menjadi kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap penjual kepada calon konsumen. Namun nyatanya saat ini hal tersebut tidak cukup untuk bisa mengubah calon konsumen menjadi pembeli.

Saat ini, konsumen dapat dengan mudah meneliti sendiri terkait produk/jasa yang ada melalui internet. Sehingga semakin banyak konsumen cerdas dan sadar akan kualitas.

Oleh karena itu, penting mengenali konsumen Anda sendiri sehingga dapat menarik perhatian dan minatnya pada produk/jasa yang Anda tawarkan. Setelah mengenali konsumen lebih dalam, tentu saja nantinya Anda bisa memengaruhi mereka untuk membeli.

Selain itu, sebagai penjual penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengubah ketertarikan atau engagement konsumen menjadi sebuah keputusan pembelian atau purchasing decision.

Agar mereka tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, berikut tujuh cara menarik minat konsumen untuk mau membeli, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Berikan Informasi secara Detail dan Lengkap

Calon konsumen tentunya akan tertarik membeli sebuah produk atau memutuskan menggunakan jasa yang ditawarkan jika terdapat informasi yang cukup jelas di dalamnya.

Maka pastikan Anda memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai produk atau jasa Anda kepada calon konsumen. Sehingga nantinya calon konsumen dapat mengetahui dengan jelas manfaatnya. Dan mereka bisa cepat memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

2. Sediakan Contoh untuk Konsumen Mencobanya Langsung

Ilustrasi orang sedang makan. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Salah satu cara yang efektif untuk bisa mendapatkan konsumen baru adalah dengan cara menyediakan produk untuk mereka bisa mencobanya langsung. Hal seperti ini sebenarnya sudah banyak ditemui di berbagai pusat-pusat perbelanjaan maupun tempat-tempat tertentu.

Cara seperti ini dilakukan agar dapat menarik perhatian konsumen pada barang/jasa yang Anda tawarkan. Dengan mencobanya, nantinya dapat membantu mengubah keputusannya untuk menggunakan produk/jasa yang Anda tawarkan.

3. Minta Konsumen yang Sudah Beli untuk Memberikan Ulasan

Saat ini, ulasan (review) dari pelanggan-pelanggan sebelumnya akan sangat mempengaruhi calon konsumen yang akan membeli produk/jasa yang Anda tawarkan. Bahkan seiring dengan kecanggihan teknologi, kini ulasan dapat diberikan secara online yang memudahkan mereka untuk memberikan review.

Semakin bagus dan banyak review yang diberikan, tentu saja menjadi pengaruh positif untuk calon konsumen. Hal ini karena review-review tersebut nantinya menjadi acuan yang digunakan calon konsumen untuk membuat sebuah purcashing decision.

4. Lakukan Survei dalam Kurun Waktu Tertentu

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/hannah olinger

Survei menjadi salah satu metode yang paling efektif untuk mengetahui pendapat orang lain mengenai produk atau layanan yang Anda tawarkan. Melalui sebuah survei, nantinya Anda bisa mengetahui kondisi sesungguhnya yang dibutuhkan dan diinginkan oleh konsumen.

Semakin mampu Anda mengembangkan keinginan dan kebutuhan konsumen, maka tentu saja hal ini akan semakin mempercepat konsumen dalam membuat purchasing decision.

5. Atasi Ulasan atau Masukan yang Negatif

Tidak semua pelanggan akan memberikan Anda review yang positif, beberapa diantaranya tentu ada yang memberikan masukan negatif dan hal tersebut sebenarnya wajar-wajar saja terjadi.

Nah, yang paling penting adalah bagaimana Anda bisa belajar untuk menghadapi semua hal tersebut dan tentu saja dengan cara yang benar sehingga dapat mengubahnya dalam bentuk yang positif.

Tanggapi dengan cepat dan profesional. Bahkan bila bisa, berikan solusi untuk setiap ulasan-ulasan negatif yang disampaikan konsumen.

Dengan tanggapan yang cepat dan baik tentunya akan menunjukkan jika Anda memang memiliki sikap profesional. Dan ini nantinya membuat konsumen percaya kepada Anda.

6. Manfaatkan Media Sosial dengan Maksimal

Ilustrasi Media Sosial. Dok: WinNetNews.com

Saat ini, media sosial banyak digunakan sebagai salah satu alat yang dapat menarik perhatian konsumen di pasaran. Melalui media sosial, Anda dapat melibatkan pelanggan maupun calon konsumen untuk berkomunikasi dengan Anda.

Komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Membangun sebuah komunikasi yang baik dengan pelanggan maupun calon konsumen nantinya secara tidak langsung membangun kedekatan antara konsumen dengan brand Anda yang nantinya akan memengaruhi calon konsumen untuk memilih produk/jasa yang Anda tawarkan.

Kenali Calon Konsumen Anda

Ada banyak tipe konsumen yang ada. Sehingga penting bagi seorang penjual untuk bisa mengenali tipe-tipe konsumen. Sebab nantinya Anda bisa mengetahui cara yang tepat untuk menarik perhatian calon konsumen dan tertarik membeli barang/jasa yang Anda tawarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Piala Presiden 2019: Depak Persib, Tira-Persikabo Mulai Tatap Persebaya

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Bandung Kemenangan kedua diraih Tira-Persikabo dalam pertandingan lanjutan Grup A Piala Presiden 2019. Tim asuhan Rahmad Darmawan unggul 3-2 atas Perseru Serui di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (7/3/2019) malam.

Tiga gol The Army, jukukan Tira-Persikabo disumbang trio pemain depan, yaitu Osas Saha (24'), Ciro Henrique (44'), dan Loris Arnaud (55'). Sementara itu, Perseru sempat membalas lewat Akbar Munir (25') dan Seydou Diakhite (68').

Kemenangan ini membuka kans Tira-Persikabo untuk otomatis lolos ke fase gugur Piala Presiden 2019, karena telah memetik enam poin dari dua laga. Sekaligus menyingkirkan Persib yang belum meraih satu poin dari dua laga. Jumlah poin Tira-Persikabo sama dengan Persebaya.

Penentuan juara Grup A akan dilakukan dalam laga Tira Persikabo melawan Persebaya di stadion yang sama, Selasa (12/3/2019).

"Buat saya setiap pertandingan punya arti penting buat pemain. Nomor satu bermain untuk kemenangan, di samping ada taktik-taktik yang mesti dia jalankan tapi motviasi untuk menang itu nomor satu," kata Rahmad seusai pertandingan.

Pelatih yang karib disapa RD ini pun enggan memikirkan akan finis di peringkat pertama di Grup A Piala Presiden 2019. Sebab ia ingin memastikan strateginya dijalankan dengan baik oleh anak asuhnya di laga kontra Persebaya nanti.

Usaha Maksimal

Para pemain Tira Persikabo merayakan gol yang dicetak oleh Ciro Henrique ke gawang Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalak Harupat, Jawa Barat, Kamis (7/3).  (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Kita tidak menyoalkan posisi kita nomor satu atau nomor dua tapi berusaha menang, itu dulu. Kalau anak-anak sudah berusaha maksimal untuk menang, artinya agresivitas dan komponen di dalam permainan sepak bola itu keluar dan kita puas," tuturnya.

Ia pun kembali mengingatkan bahwa Piala Presiden sejatinya adalah turnamen pramusim. Ajang ini digunakan untuk memantapkan persiapan Liga 1.

Tanpa Gairah

"Kalau toh kita main mereka tidak ada gairah dan tidak ada performa yang kita inginkan tentu kita kecewa. Karena sekali lagi ini persiapan dari tim. Skor kita sama tapi Persebaya lebih unggul di gol memasukkan," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahathir Mohamad: soal Sumber Daya Ekonomi, Malaysia Lebih Pilih China Ketimbang AS

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, mengatakan bahwa ia akan memihak China atas Amerika Serikat dalam hal sumber daya ekonomi.

Dalam sebuah wawancara bersama surat kabar South China Morning Post, yang merupakan bagian dari Alibaba Group, lelaki yang akrab disapa Dr M itu menjelaskan ketidakpastian AS terhadap Malaysia adalah alasan utama ia lebih condong ke Tiongkok.

Setelah adanya gesekan baru-baru ini dengan Beijing mengenai proyek-proyek infrastruktur di Negeri Jiran, perdana menteri berusia 93 tahun itu menuturkan, hubungan Malaysia dengan China tidak "statis".

Mahathir Mohamad juga menegaskan, Malaysia tidak akan dipengaruhi oleh kecurigaan Barat bahwa perusahaan telekomunikasi China, Huawei, terlibat dalam kegiatan mata-mata.

Meski pada kenyataannya, Malaysia saat ini sedang melakukan uji coba broadband seluler 5G di Cyberjaya bersama dengan Huawei.

"Ketika China miskin, kita takut terhadapnya. Saat mereka kaya, kita justru semakin takut," kata Mahathir yang dikutip dari Malay Mail, Jumat (8/3/2019).

"Saya pikir kita harus menemukan cara untuk berurusan dengan China. Di masa lalu, Tiongkok menyebarkan komunisme ke banyak wilayah, termasuk Malaysia, dan sekarang pengaruh komunisme ini disebarkan lagi melalui kekuatan ekonominya," tambahnya.

Menurut Mahathir, Malaysia secara historis memiliki lebih sedikit alasan untuk curiga terhadap China, mengingat bahwa Malaysia tidak pernah dijajah oleh Negeri Tirai Bambu.

Malaysia harus pragmatis tentang peran China sebagai mitra dagang utama dan investor. Sebab pertumbuhan ekonomi Malaysia sebagian besar didorong oleh investasi langsung dari asing.

"Untuk saat ini, Malaysia harus menerima kenyataan bahwa China dekat dengan kita. Dan ini adalah pasar yang sangat besar. Kami ingin mendapat manfaat dari meningkatnya kekayaan China," tambah Dr M.

Namun di satu sisi ia menjelaskan, meskipun Malaysia akan menyambut investasi dan sumber daya ekonomi Tiongkok, Malaysia tidak menerima kontrol atau pengaruhnya meski ia tahu orang-orang China amat lihai dalam menemukan peluang untuk memperluas pengaruh negara mereka melalui investasi.

Ini adalah alasan mengapa Malaysia tidak setuju dengan proyek-proyek yang didanai oleh pinjaman Tiongkok dan bukannya investasi langsung.

"Jadi itu semua tergantung pada negara-negara yang bersangkutan untuk memastikan bahwa uang yang mengalir ke negara mereka bukan uang pinjaman, bukan uang untuk infrastruktur, tetapi mungkin terbatas pada uang untuk investasi dalam proses produktif," pungkas Mahathir Mohamad.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Mahathir Mohamad Bebaskan 11 Muslim Uighur di Malaysia

Warga muslim Uighur melakukan aksi protes menentang tekanan pemerintah China (AP)

Sebelumnya, Pemerintah Malaysia dikabarkan tetap membebaskan 11 orang etnis muslim Uighur yang kabur dari penjara Thailand ke Negeri Jiran. Perdana Menteri Mahathir Mohamad beralasan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apa pun.

Keputusan itu mengabaikan protes Beijing yang menginginkan kesebelas muslim Uighur diekstradisi ke China, demikian sebagaimana dikutip dari South China Morning Post pada Senin, 15 Oktober 2018.

"Mereka tidak berbuat salah di negara ini, jadi mereka dibebaskan," kata PM Mahathir dalam komentar singkat kepada wartawan di parlemen Malaysia di Putrajaya.

Banyak pengamat memperkirakan bahwa langkah Malaysia kemungkinan akan membebani hubungan Malaysia dengan China, yang sempat bersitegang dengan Mahathir Mohamad kala membatalkan proyek investasi Negeri Tirai Bambu senilai lebih dari US$ 20 miliar, sesaat setelah kemenangannya dalam pemilu tahun ini.

China, yang telah meminta ekstradisi sejak dua bulan terakhir, mengatakan dengan tegas pada Jumat 12 Oktober, pihaknya menentang keputusan Malaysia untuk membebaskan 11 orang muslim Uighur dan membiarkan mereka terbang ke Turki.

Jaksa di Malaysia menetapkan putusan hukum terhadap kelompok Uighur itu atas dasar kemanusiaan, kata pengacara mereka.

Kesebelas muslim Uighur ditahan dan didakwa karena secara ilegal memasuki Malaysia, setelah sebelumnya kabur dari penjara di Thailand pada bulan November.

Mereka dikabarkan melarikan diri dengan menjebol tembok penjara pada bulan November, dan menggunakan selimut untuk turun.

Malaysia Ditekan China yang Ditekan Barat

Berbagai media massa sempat melaporkan pada bulan Februari bahwa Malaysia berada di bawah tekanan besar China untuk mengekstradisi sebelas orang Uighhur.

Di lain pihak, beberapa misi Barat berusaha menghalangi Kuala Lumpur mengirim para Uighur kembali ke China, yang dituduh telah menganiaya etnis terkait.

Sebaliknya, Beijing menuduh masyarakat muslim Uighur sebagai pihak separatis yang merencanakan serangan terhadap mayoritas etnis Han, di wilayah bergejolak Xinjiang di barat China.

Namun, tekanan dunia internasional juga sama besarnya terhadap China, yang menuding Negeri Tirai Bambu melakukan penyiksaan lahir batin terhadap muslim Muighur.

Selain itu, China juga dituduh mengontrol ketat kebebasan agaman dan budaya Uighur yang mayoritas adalah muslim.

Tuduhan tersebut semakin disorot ketika muncul beberapa laporan asing yang menyebut ribuan orang telah melarikan diri dari tekanan di Xinjiang. Mereka rata-rata pergi secara diam-diam ke negara tujuan pengungsi via Asia Tenggara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tol Ngawi-Kertosono Bisa Dilalui Kembali

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Tol Ngawi-Kertosono kembali dibuka setelah banjir di kawasan tersbeut mulai surut. Sejumlah kendaraan dari arah Jakarta kini diperbolehkan kembali melewatinya dengan batasan kecepatan maksimal 40 km.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukan Cuma Pengguna, Zul Zivilia Juga Diduga Pengedar Narkoba

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Vokalis band Zivilia, Zul Zivilia, diciduk Ditresnarkoba Polda Metro Jaya pada Kamis 28 Februari 2019. Penangkapan Zul Zivilia dilakukan terkait kasus penyalahgunaan narkoba.

Dari hasil penyidikan polisi, Zul Zivilia diketahui positif mengonsumsi sabu. Alhasil, Zul kini harus meringkuk di rumah tahanan narkoba Polda Metro Jaya.

"Tes urine-nya positif sabu ya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono kepada merdeka.com, Kamis (7/3/2019).

Pengedar dan Kurir

Polisi membenarkan vokalis band Zivilia, Zul, ditangkap karena kasus narkoba. (Istimewa)

Ada fakta menarik di balik penangkapan Zul Zivilia. Dari hasil pemeriksaan sementara, polisi menduga Zul bukan cuma sebagai pengguna narkoba.

Pelantun lagu "Aishiteru" itu juga diduga berperan sebagai pengedar dan kurir narkoba. Pasalnya, Zul turut membungkus dan mengantarkan barang haram itu kepada konsumen.

Mengantar Narkoba

Zul Zivilia

"Peran ikut menimbang barang dan memasukkan ekstasi ke dalam plastik klip serta mengantar barang," ujar Kombes Pol Argo. "Bebas menggunakan sabu kapanpun di tempat tersangka lain," ia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Logo Smartphone Terpopuler dan Kisah Menarik di Baliknya

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Sebuah perusahaan biasanya memiliki nilai atau filosofi yang dipegang teguh. Hal ini juga berlaku untuk perusahaan pembesut smartphone

Tak hanya nilai tertulis, filosofi semacam itu juga kerap dituangkan dalam bentuk logo. Karenanya, tak heran logo kerap menjadi representasi perusahaan dan dengan mudah dikenal banyak orang. 

Kendati demikian, tak banyak yang mengetahui arti dan kisah di balik logo-logo perusahaan smartphone kenamaan.

Bagi kamu yang penasaran, berikut ini adalah kisah di balik logo sejumlah perusahaan smartphone dunia. 

1. Samsung

Samsung yang berarti 'bintang tiga' dalam bahasa Korea sebenarnya sudah beberapa kali mengalami perubahan logo. Sebelum menggunakan logo terkini, perusahaan itu selalu menyelipkan ikon bintang tiga dalam logonya.

Pendiri Samsung, Lee Byung Chull memilih nama itu dengan harapan Samsung dapat tumbuh kuat dan abadi seperti bintang di langit. Angka tiga dipilih karena menggambarkan sesuatu yang besar dan kuat.

Sementara logo baru Samsung yang digunakan setelah 1992 hingga kini terlihat lebih lebih menonjolkan nama. Namun dari logo ini, perusahaan ini menunjukkan ambisi menjadi pusat perhatian di alam semesta dan tak sekadar menjadi bintang.

2. Apple

Harus diakui, kisah seputar latar belakang logo Apple yang fenomenal itu memiliki banyak versi. Bahkan, gambar gigitan pada apel yang tampil di logo tersebut mempunyai beragam kisah di belakangnya.

Namun, sang desainer Rob Janoff menuturkan, gambar apel yang digigit itu sengaja dibuat agar membuatnya berbeda dari buah lain dengan bentuk serupa.

"Saya ingin membuat siluet apel, tapi untuk membuatnya jelas seperti apel dan bukannya buah lain, saya melakukan hal yang orang lain lakukan, yakni menggigitnya," ujarnya.

 

3. Xiaomi

Perusahaan asal Tiongkok ini hanya memasang kata Mi dalam logonya. Keputusan itu bukannya sejalan dengan rencana perusahaan untuk menembus pasar internasional.

Logo Mi sendiri berarti 'Mobile Internet' dan dapat diartikan pula sebagai lain 'Mission Impossible'. Kata itu dipilih karena Xiaomi menghadapi banyak tantangan di awal pendiriannya.

Di sisi lain, logo ini juga membuatnya lebih mudah diucapkan oleh banyak orang. Sekadar informasi, Xiaomi sendiri dalam bahasa mandarin diucapkan sebagi 'Shao-Mi'.

4. Asus

Mungkin tak banyak yang mengetahui, Asus sebenarnya mengambil nama karakter mitologi Yunani. Asus merupakan kependekan dari Pegasus, kuda bersayap yang juga menjadi simbol kebijaksanaan dan pengetahuan.

Nama itu pun diimplementasikan dalam logo perusahaan. Logo Asus dengan jelas menggambarkan semangat perusahaan untuk menjadi lebih kuat, tumbuh, dan bertanggung jawab pada konsumen.

5. Huawei

Logo Huawei juga menggambarkan arti nama dari perusahaan yang terdiri dari dua suku kata, yakni Hua dan Wei. Hua berarti kelopak bunga atau keagungan, sedangkan Wei berarti pencapaian yang membanggakan.

Dengan kata lain, perusahaan ini menjadi besar seperti bunga yang merekah. Filosofi itu pun digambarkan dalam bentuk kelopak bunga yang mengembang.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keny Suwanda, Finalis Puteri Indonesia 2019 Asal Aceh yang Berhijab

Posted: 07 Mar 2019 09:00 PM PST

Liputan6.com, Jakarta - Mewakili Aceh untuk berkompetisi di Puteri Indonesia 2019 merupakan hal yang luar biasa bagi Keny Suwanda. Pasalnya, ia ingin menyuarakan tentang pelestarian lingkungan terhadap masyarakat Indonesia melalui ajang ini.

Di antara finalis lainnya, hanya Keny yang mengenakan hijab. Hal itu bukan masalah baginya, sebab tujuan utamanya mengikuti ajang ini adalah menyuarakan kepeduliannya terhadap pelestarian lingkungan.

"Tujuan saya di Puteri Indonesia hanyalah untuk mempromosikan daerah saya," ucap Keny saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 7 Maret 2019.

Perempuan kelahiran Lhokseumawe ini ingin mengembangkan potensi dan kemampuan yang ia miliki. "Sebab saya bukan membawa nama saya, tapi nama Provinsi Aceh," lanjut Keny.

Karena itu, hijab bukanlah patokan utamanya untuk memenangkan ajang bergengsi ini. Baginya, pendapat orang tentang provinsi tercintanya lebih penting daripada pendapat tentang dirinya.

Melansir laman puteri-indonesia.com, Keny bekerja menjadi partisipan pelestari lingkungan di Aceh. Apalagi ia sangat menyukai pantai, membuat advokasinya berfokus terhadap kelestarian laut yang bertajuk Save The Ocean.

Keny pun menjadi penggagas komunitas pecinta laut kota Lhokseumawe yang bernama Thallasophiles Petro Dollar Community. Melalui komunitas ini, ia mengajak para pecinta laut juga berusaha menjaga kelestarian laut melalui beberapa aksi.

Aksi tersebut berupa bersih-bersih pantai, pengolahan sampah menjadi barang bernilai jual dan pembinaan kepada nelayan untuk lebih bijak dalam menangkap ikan.

Di samping semua aksinya, Keny juga menekankan bahwa soal hal lain. "Saya ingin mengajak generasi muda untuk sadar bahwa hijab bukanlah halangan untuk kita berkarya," tegasnya.

Ketika ditanya mengenai partisipasinya di dunia internasional, Keny mengatakan bahwa itu belum menjadi fokusnya. "Saat ini, saya akan lakukan yang terbaik untuk memperkenalkan Aceh dengan keunikannya," tutup finalis Puteri Indonesia 2019 asal Aceh ini. (Esther Novita Inochi)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istirahatlah Kata-Kata, Film Pelarian Widji Thukul dalam Ketakutannya

Posted: 07 Mar 2019 08:55 PM PST

Liputan6.com, Jakarta Istirahatlah kata-kata merupakan sebuah film besutan sutradara muda Yosep Anggi Noen yang tayang di bioskop Indonesia 2017 silam. Film ini mengisahkan pelarian penyair sekaligus aktivis Widji Thukul. Widji Thukul dikenal dengan puisi-puisinya yang kritis mengritik rezim orde baru.

Film ini mengambil rentang waktu antara Tahun 1996 hingga 1998 saat Widji Thukul berada dalam masa pelarian saat menjadi buronan akibat insiden Juli 1996. Film ini mengritik kentalnya budaya militer era orde baru dengan cara amat satir, cenderung lucu, dan cukup berbobot.

Istirahatlah Kata-Kata telah meraih berbagai penghargaan di dalam maupun luar negeri. Sutradara dan pemeran utama pria film ini meraih beberapa penghargaan antara lain dari Festival Film Indonesia, Usmar Ismail Award, dan Jogja-NETPAC Asian Film Festival.

Kisah Widji Thukul

Setelah lebih dari 17 tahun, Waji Thukul dan aktivis lainnya masih belum kembali.

Widji Thukul Lahir di Surakarta, 26 Agustus 1963. Ia merupakan penyair sekaligus aktivis yang ikut melawan penindasan rezim orde baru. Kendati hidup sulit, ia aktif menyelenggarakan kegiatan teater dan melukis dengan anak-anak kampung Kalangan, tempat ia dan anak istrinya tinggal.

Pada 1994, terjadi aksi petani di Ngawi, Jawa Timur. Thukul yang memimpin massa dan melakukan orasi ditangkap serta dipukuli militer.

Widji Thukul terkenal dengan puisi-puisinya yang kritis dan cukup membuat kuping pemerintahan orde baru panas. Wiji Thukul dulu menyuarakan perlawanan lewat karya-karya puisinya, Pada era tersebut, kritik lewat puisi sudah dianggap merujuk pada pemberontakan.

Orang-orang yang vokal dengan gagasan demokrasi substansi sapat dianggap berbahaya bagi ketertiban umum. Orang-orang ini sama dengan mereka yang tubuhnya bertato dan bisa kena operasi petrus.

27 Juli 1996 terjadi kerusuhan yang melibatkan Partai Rakyat Demoratik (PRD) yang melawan peraturan perundangan saat itu di mana ditetapkan bahwa hanya ada 3 partai yang diakui Negara. PRD dan beberapa penggagasnya ditangkap serta dijadikan buron dengan tuduhan menciptakan kerusuhan dan ingin menggulingkan pemerintahan.

Semenjak Juli 1996, Thukul sudah berpindah-pindah keluar masuk daerah dari kota satu ke kota yang lain untuk bersembunyi dari kejaran aparat. Pada 1998 Widji Thukul tak diketahui lagi nasibnya hingga saat ini.

Sinopsis Istirahatlah Kata-Kata

Fajar Merah memberikan keterangan dalam konferensi pers dengan tema

Film Istirahatlah Kata-Kata dirilis lewat riset dan persiapan yang panjang, seluruh prosesnya memakan waktu tiga tahun. Istirahatlah Kata-Kata memotret perjalanan Wiji Thukul saat berada dalam persembunyian dari kejaran militer orde baru.

Meski aslinya hidup Wiji Thukul sangat bersinggungan dengan politik, Anggi memilih untuk lebih banyak mengeksplorasi hidup Wiji Thukul sebagai seorang manusia. Soal ketakutannya dalam pelarian, juga kehidupan istrinya, Sipon, selama ditinggal suaminya.

Istirahatlah kata-kata diawali dengan narasi awal pembentukan PRD dan kerusuhan yang terjadi akibatnya hingga membuat beberapa penggagasnya ditangkap dan dicap buron.

Film ini berlatar belakang awal di Solo tempat Widji Thukul tinggal bersama istrinya Sipon dan kedua anaknya. Kemudian bergeser ke Pontianak tempat dimana Widji Thukul melakukan pelarian saat buron oleh pemerintah.

Selama 8 bulan Widji Thukul hidup berpindah dari satu rumah ke rumah lain, dari daerah satu ke daerah lain. Bahkan Widji Thukul hidup bersama orang-orang yang tak pernah ia kenal sebelumnya.

Meski menjalani pelarian dengan penuh ketakutan, Widji Thukul tetap menorehkan karya-karya kritisnya lewat puisi dan cerpen. Widji Thukul juga kerap berganti identitas untuk mengelabuhi petugas administrasi.

Di Solo, Sipon istri Widji Thukul hidup was-was bersama kedua anaknya. Sipon selalu ditekan dan diawasi oleh polisi,beberapa kali Sipon juga diinterogasi terkait keberadaan suaminya. Dalam film ini juga dituturkan puisi puisi seperti "Istirahatlah Kata-Kata" itu sendiri.

Puisi Bunga dan Tembok juga hadir menutup film ini. dihadirkan lewat lagu yang dibawakan oleh Merah Bercerita berkolaborasi dengan Cholil. Merah Bercerita sendiri merupakan band yang dibentuk oleh Fajar, anak dari Widji Thukul.

Film ini dibuat minim dialog yang membuat keseluruhannya terasa sunyi dan senyap. Sesuai dengan judulnya yaitu Istirahatlah Kata-Kata.

Di film ini, Widji Thukul di perankan oleh Gunawan Maryanto yang juga merupakan aktor teater kawakan. Sementara karakter Sipon diperankan oleh Marisaa Anita yang merupakan presenter sekaligus aktris. Film ini juga didukung oleh Melanie Subono, Edward Boang, Dhafi Yunan, dan Joned Suryatmoko.

 

Puisi Istirahatlah Kata-Kata

Lima puisi Wiji Thukul yang paling mengguncang.

Judul film Istirahatlah Kata-Kata diambil dari puisi karya Widji Thukul dengan judul yang sama. Puisi ini ditulis pada 12 Agustus 1988. Berikut isi dari puisi Istirahat Kata-Kata

Istirahatlah kata-kata

 

jangan menyembur-nyembur

orang-orang bisu

kembalilah ke dalam rahim

segala tangis dan kebusukan

dalam sunyi yang mengiris

tempat orang-orang mengingkari

menahan ucapannya sendiri

tidurlah kata-kata

kita bangkit nanti

menghimpun tuntutan-tuntutan

yang miskin papa dan dihancurkan

nanti kita akan mengucapkan

bersama tindakan

bikin perhitungan

tak bisa lagi ditahan-tahan

 

solo, sorogenen, 12 agustus 1988

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: