Selasa, 12 Maret 2019

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Saksikan Live Streaming KLY Lounge with Armada Rabu Sore Ini

Posted: 12 Mar 2019 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Armada adalah salah satu band papan atas saat ini. Grup musik asal Palembang ini telah mencetak banyak hit yang disukai masyarakat Indonesia. 

Bulan lalu, Armada meluncurkan single terbaru, "Demi Tuhan Aku Ikhlas". Inilah lagu yang dipersembahkan Rizal (vokal), Mai (gitar) dan Andit (drum) untuk 3 personel Seventeen, Herman, Bani dan Andi yang meninggal dunia akibar diterjang tsunami Selat Sunda, akhir Desember 2018.

'Demi Tuhan Aku Ikhlas" diciptakan Mai dan Rizal. Armada menyanyikannya bersama Ifan Seventeen, satu-satunya personel band yang selama dari musibah memilukan itu.

Dan, Armada akan bercerita tentang karya tribute to Seventeen tersebut, plus karier mereka ke depan, dalam :

Acara               :           KLY Lounge with Armada

Hari/Tanggal     :          Rabu, 13 Maret 2019

Tempat             :          Gedung KLY kantor redaksi Liputan6.com

                                   Gondangdia, Jakarta Pusat

 

Dipandu oleh host Istiarto, Rizal dan kawan-kawan juga akan menghibur sahabat Liputan6.com, sapaan untuk pembaca media online kesayangan Anda ini, dengan single-single hit mereka.

Saksikan Live Streaming Di Sini

Armada feat Ifan Seventeen (Foto: Instagram Ifan Seventeen)

Live Streaming KLY Lounge with Armada bisa Anda saksikan di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saham Tertekan, Kapitalisasi Pasar Boeing Menyusut

Posted: 12 Mar 2019 10:15 PM PDT

Liputan6.com, New York - Langkah sejumlah negara untuk mengandangkan pesawat Boeing 737 Max 8 berimbas terhadap pergerakan saham Boeing. Hal ini juga berimbas terhadap kapitalisasi pasar saham Boeing yang menyusut.

Saham Boeing kembali melemah pada perdagangan saham Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB). Saham Boeing tergelincir 6,15 persen ke posisi USD 375,41 pada penutupan perdagangan Selasa waktu setempat. Hal itu mendorong kapitalisasi pasar saham Boeing merosot menjadi USD 212,10 miliar.

Pada perdagangan saham Senin waktu setempat, saham Boeing turun 5,3 persen menjadi USD 400,01.  Hal itu dipicu kecelakaan pesawat Etihiopian Airlines pada Minggu 10 Maret 2019 yang menewaskan 157 penumpang dan kru.

Pesawat maskapai Ethiopian Airlines tersebut juga memakai model Boeing 737 Max 8. Pesawat ini sama dengan model pesawat Lion Air yang alami kecelakaan pada Oktober 2018 di Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

Dengan kecelakaan pesawat Boeing 737 Max 8 dalam lima bulan tersebut berdampak terhadap pergerakan saham Boeing. Saham Boeing alami penurunan terbesar dalam dua hari sejak Juni 2009, seperti dikutip dari laman Reuters, Rabu (13/3/2019).

Tak hanya itu, langkah sejumlah negara yang maskapainya menggunakan pesawat Boeing 737 Max untuk menghentikan sementara operasionalnya direspons negatif pelaku pasar pada perdagangan Selasa waktu setempat.

Kapitalisasi pasar saham Boeing merosot sekitar USD 13,99 miliar atau sekitar Rp 199,74 triliun (asumsi kurs Rp 14.268 per dolar AS) dari posisi USD 226 miliar pada Senin waktu setempat menjadi USD 212,10 miliar pada Selasa waktu setempat.

Kapitalisasi pasar saham ini merupakan harga saham dikalikan dengan jumlah saham perusahaan yang beredar. Kapitalisasi pasar saham ini salah satu cara untuk menilai besar kecilnya suatu perusahaan tercatat.

Saham Boeing Turun 6,15 Persen pada Perdagangan Selasa

Pesawat maskapai Ethiopian Airlines dibajak sekelompok orang (The Guardian).

Sebelumnya, saham Boeing kembali tertekan di bursa saham New York, Amerika Serikat pada perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB).

Mengutip data Bloomberg, Rabu 13 Maret 2019, saham Boeing merosot 6,15 persen ke posisi USD 375,41. Pada penutupan perdagangan saham Senin waktu setempat, saham Boeing turun 5,3 persen ke posisi USD 400,01 usai kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines di Addis Ababa, Ethiopia yang menewaskan 157 penumpang dan kru.

Awal perdagangan saham Senin waktu setempat, saham Boeing sempat anjlok hingga 11 persen. Penurunan saham Boeing termasuk terbesar dalam dua hari sejak Juni 2009.

Mengutip laman Reuters, saham Boeing Co terpukul lagi usai sejumlah negara memutuskan menghentikan sementara operasional pesawat Boeing 737 Max 8. Hal ini merespons kecelakaan pesawat di Ethiopia.

Inggris dan Uni Eropa bergabung dengan China, Malaysia, Singapura, Australia dan negara-negara lain untuk menghentikan sementara operasional pesawat 737 Max 8. Hal itu juga menekan saham Boeing yang termasuk salah satu saham berkinerja terbaik di indeks Dow Jones pada 2019.

Pada perdagangan Selasa waktu setempat, sejumlah saham maskapai AS juga bergerak melemah dengan indeks saham S&P 500 sektor penerbangan turun 1,5 persen. Saham Southwest Airlines Co dan American Airlines Group Co terpangkas dua persen.

Berdasarkan data Refinitiv, tujuh dari 24 analis yang cover saham Boeing mereview peringkat saham Boeing dalam dua hari. Adapun hingga kini, ada dua penurunan peringkat dan satu menargetkan memangkas harga saham Boeing.

Adapun DZ Bank, menjadi broker pertama yang menempatkan rekomendasi jual saham Boeing dengan target harga USD 333.

Selain itu, pialang Edward Jones menurunkan peringkat saham untuk hold dari membeli dengan pertimbangan kecelakaan dapat mengakibatkan biaya tambahan, beberapa keterlambatan pesanan dan menekan kinerja keuangan.

Pesawat Boeing 737 termasuk pesawat komersial paling banyak terjual di dunia, dan merupakan masa depan Boeing. Pesawat Boeing seri Max menjadi pesawat jet dengan penjualan tercepat dalam sejarah dengan pesanan lebih dari 5.000 .

Kecelakaan pesawat maskapai Ethiopian Airlines pada Minggu 10 Maret 2019 membebani Boeing. Produsen pesawat asal Seattle, AS itu pun menerapkan perubahan desain pada April.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Konfirmasi Ada Masalah di Gmail dan Drive

Posted: 12 Mar 2019 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gmail dan Google Drive dilaporkan tengah tumbang dan tidak dapat diakses oleh sejumlah pengguna di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Masalah ini dilaporkan sejumlah pengguna kira-kira satu jam lalu. Google sendiri sudah mengonfirmasi mengenai masalah ini.

Dikutip dari situs resmi Google, Rabu (13/3/2019), perusahaan masih melakukan investigasi terkait masalah ini.

Lebih lanjut disebutkan, perusahaan akan memberikan detail lebih lanjut mengenai perkembangan investigasi dalam satu jam ke depan, termasuk solusi yang dapat diberikan perusahaan.

"Untuk saat ini, pengguna akan kesulitan untuk mengakses atau menambahkan file di sejumlah produk, termasuk Gmail dan Drive," tulis Google dalam keterangannya.

Untuk Gmail, masalah yang dialami pengguna adalah kesulitan untuk melampirkan atau mengakses file. Selain itu, pengguna juga tidak dapat mengakses dan menyimpan email draft, termasuk mengirim email.

Sementara untuk Drive, masalah yang ditemukan pengguna adalah kesulitan saat menggunggah atau mengunduh file. Karenanya, pengguna Gmail harap bersabar hingga Google memberikan keterangan lebih lanjut.

 

Gmail dan Google Drive Tak Bisa Diakses di Beberapa Negara

Gmail dan Google Drive sempat tumbang dan tidak bisa diakses oleh pengguna di beberapa negara. Dalam kasus ini, Indonesia menjadi salah satunya.

Tak cuma Indonesia, seperti dilaporkan akun yang sering melaporkan kerusakan situs web Report Outage, negara lain seperti Australia dan Selandia Baru juga tidak dapat mengakses Gmail dan Google Drive.

Lewat laporannya, masalah tersebut muncul sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam akun Twitter-nya, Report Outage juga memperlihatkan beberapa negara lain yang dapat mengakses Gmail dan Google Drive, seperti Amerika Serikat (AS), Turki, dan beberapa negara di Eropa barat.

Namun kini, per pukul 11.46 WIB, pantauan Tekno Liputan6.com, Gmail sudah kembali bisa diakses. Salah satu anggota tim kami mencoba dengan mengirim email dan sukses terkirim.

Gmail dan Google Drive sedang mengalami masalah koneksi secara global. (Doc: Google)

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Kembali Terjadi di Sekitar Rumah Terduga Teroris Sibolga

Posted: 12 Mar 2019 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suara ledakan kembali terdengar di sekitar rumah terduga teroris bernama Husain alias Abu Hamzah di Sibolga, Sumatera Utara, pagi tadi. Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 08.00 WIB.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya ledakan susulan di sekitar rumah Husain. Ledakan tersebut berasal dari proses pemusnahan benda diduga bom yang ditemukan di rumah terduga simpatisan ISIS itu.

"Sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan 09.00 WIB ada benda-benda yang diduga bom dilakukan penetrasi dan dijinakkan dengan cara diledakkan oleh tim Gegana Brimob," ujar Dedi saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Hanya saja Dedi tidak merinci berapa kali ledakan terjadi akibat proses disposal benda mencurigakan tersebut. Dia juga belum mengungkapkan jumlah benda mencurigakan terkait terduga teroris Sibolga yang dimusnahkan.

 

Istri dan Anak Bunuh Diri

Penangkapan Husain alias Abu Hamzah dilakukan Densus 88 Antiteror Polri di Sibolga pada Selasa 12 Maret 2019 sekitar pukul 14.23 WIB. Dalam operasi itu, sebuah bom meledak dari dalam rumah pelaku yang melukai petugas kepolisian.

Sementara istri dan anaknya melakukan bom bunuh diri pada dini hari tadi. Negosiasi membujuk istri Husein untuk menyerahkan diri gagal. Istri dan dua anak Husain diduga tewas dalam peristiwa tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami, Mudah dan Enggak Merusak Rambut

Posted: 12 Mar 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rambut yang lurus, lembut dan indah menjadi dambaan bagi hampir semua orang. Rambut yang lurus cenderung lebih mudah diatur ketimbang rambut bergelombang, apalagi keriting. Tak terkecuali bagi pria yang juga kerap memperhatikan penampilannya.

Meski rambut pria cenderung pendek, namun rambut yang susah diatur akan membuat penampilan terlihat buruk. Alhasil, banyak pria yang pergi ke salon dan memutuskan untuk mencatok rambut. Padahal, begitu banyak alat pelurus rambut yang menggunakan panas dan bahan kimia yang terbilang buruk untuk kesehatan rambut.

Terlebih, seseorang tidak akan puas jika hanya mencatoknya satu kali. Alih-alih meluruskan rambut, mencatok secara berlebihan justru akan merusak rambut. Seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan alat-alat tersebut akan mengeringkan, membuat ujung rambut terbelah, dan akhirnya rambut menjadi rusak dan tidak menarik lagi.

Daripada menyesal nantinya, ada baiknya untuk menggunakan cara meluruskan rambut menggunakan bahan alami. Yuk simak cara meluruskan rambut pria secara alami, yang dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019).

Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

1. Santan Kelapa

Selain menjadi bahan masakan, santan kelapa merupakan salah satu bahan yang dipercaya efektif untuk meluruskan rambut keriting dan bergelombang.

Berikut cara penggunaannya:

Siapkan satu buah kelapa tua, parut daging kelapa yang telah dibersihkan.

Peras parutan kelapa hingga menghasilkan santan kental.

Campurkan satu gelas santan kelapa dengan 2 sdm jeruk nipis, aduk hingga rata.

Diamkan dalam kulkas selama 2 jam hingga mengental.

Oleskan santan kelapa yang telah mengental pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

Sisir rambut agar santan kelapa tersebut merata.Bungkus rambut dengan shower lalu tunggu hingga kering.

Bilas dengan air bersih.- Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

2. Pisang

Salah satu buah yang kaya akan manfaat adalah pisang, ternyata buah ini juga bermanfaat untuk meluruskan rambut pria yang keriting dan bergelombang lho.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan satu buah pisang susu kondisi benyek dan 2 sdm madu.

2. Haluskan dengan menggunakan blender.

3. Campurkan pisang yang telah dihaluskan dengan 2 sdm madu lalu aduk hingga rata.

4. Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

5. Diamkan selama 1 jam, baru bilas dengan air bersih.

6. Gunakan shampo kemudian bilas dengan air hingga bersih.

7. Keringkan dengan handuk.

8. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

3. Susu Murni

Susu merupakan minuman yang baik untuk kesehatan tubuh, selain dapat menjaga kesehatan tubuh, minuman ini juga efektif untuk meluruskan rambut pria yang keriting dan bergelombang.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan satu gelas susu dan setengah cangkir air.

2. Campurkan kedua bahan itu lalu aduk hingga rata.

3. Semprotkan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

4. Diamkan selama 1 jam. Kemudian sisir dengan menggunakan sisir bergigi renggang.

5. Bilas dengan air bersih. Gunakan shampo agar lebih bersih lalu bilas dengan air sampai bersih

6. Keringkan dengan handuk.

7. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali

4. Lidah Buaya

Cara meluruskan rambut pria secara alami yang selanjutnya adalah dengan lidah buaya. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Ambil satu batang lidah buaya, belah dan ambil gelnya.

2. Masukkan gel ke dalam wadah untuk merebus, panaskan gel lidah buaya tersebut hingga mencair.

3. Setelah cairan lidah buaya dingin, oleskan pada batang rambut, lalu biarkan dulu selama 30 menit.

4. Keramasi rambut dengan shampo dan air.

5. Pepaya

Cara meluruskan rambut pria secara alami dan cepat adalah dengan pepaya. Pepaya memiliki kandungan mineral yang sangat efektif untuk meluruskan rambut keriting dan juga bergelombang.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan pepaya matang dan madu.

2. Haluskan pepaya dengan menggunakan blender.

3. Campurkan sedikit madu pada pepaya yang telah dihaluskan lalu aduk hingga rata.

4. Oleskan pada bagian seluruh rambut hingga kulit kepala.

5. Diamkan selama 1 jam agar meresap. Bilas dengan air bersih.

6. Gunakan shampo kemudian bilas dengan air hingga bersih.

7. Keringkan dengan handuk.

8. Lakukan perawatan ini secara rutin seminggu sekali.

Bahan Alami untuk Meluruskan Rambut Pria

ilustrasi/copyright shutterstock.com

6. Seledri

Cara meluruskan rambut pria secara alami yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan seledri yang terkenal sebagai bumbu dapur. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan seledri secukupnya, tambahkan secukupnya air lalu masukkan ke dalam blender dan haluskan.

2. Oleskan jus seledri pada batang rambut, lalu tutupi kepala dengan shower cap.

3. Diamkan semalaman.

4. Pagi harinya, keramasi rambut dengan shampo dan air hangat

Cara Meluruskan Rambut Pria Secara Alami dengan Campuran 2 Bahan

7. Cuka dan air

Cara meluruskan rambut pria secara alami menggunakan dua bahan campuran adalah dengan menggunakan cuka dicampur dengan air. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Masukkan 5 tetes cuka ke dalam segelas air.

2. Aplikasikan pada helai rambut.

3. Biarkan sebentar, lalu keramasilah rambut.

8. Minyak kedelai dan minyak jarak

Cara meluruskan rambut pria secara alami dengan campuran dua bahan adalah dengan menggunakan minyak kedelai dan minyak jarak. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan satu sendok makan minyak kedelai dan dua sendok makan minyak jarak.

2. Masukkan ke dalam wadah, lalu campurkan ke dua bahan tersebut

3. Panaskan sebentar, lalu biarkan sampai menjadi dingin.

4. Oleskan pada helai rambut, juga pada kulit kepala, sambil memijit dan mengurutnya.

5. Diamkan selama 30 menit.

6. Keramasi rambut dengan shampo dan air hangat.

9. Tepung beras dan telur

Selanjutnya, cara meluruskan rambut pria secara alami menggunakan bumbu dapur dapat dicoba dengan menyampur tepung beras dan telur. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan satu butir telur, pisahkan bagian putihnya dari bagian kuning.

2. Masukkan putih telur ke dalam wadah, lalu tambahkan 5 sendok makan tepung beras, aduk sampai rata dan mengental.

3. Aplikasikan pada rambut, kemudian sisirlah rambut.

4. Biarkan dulu selama 1 jam, lalu keramasilah rambut dengan shampo dan air hangat.

10. Yoghurt dan telur

Berikut adalah cara alami meluruskan rambut pria menggunakan yoghurt dan telur:

1. Siapkan putih telur saja dari 3 butir telur ayam.

2. Tambahkan 3 cangkir yoghurt

3. Aduk sampai kedua campuran diatas merata dan terbentuk menjadi pasta.

4. Oleskan pasta masker pada batang rambut dari ujung ke bawah, lalu tutupi rambut dengan shower cap

5. Diamkan selama 20 menit.

6. Keramasi rambut dengan shampo dan air hangat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Survey Harimau Sumatera Diluncurkan, Survey Satwa Liar Terbesar di Dunia

Posted: 12 Mar 2019 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menargetkan peningkatan jumlah harimau sumatera sebanyak dua kali lipat pada 2022. Target ini tertuang dalam National Tiger Recovery Program (NTRP) 2010-2022. Salah satu upaya untuk memantau efektivitas upaya konservasi harimau sumatera dalam rangka mencapai target tersebut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama para mitra kerjanya melakukan pemantauan secara berkala dan sistematik melalui kegiatan Sumatera Wide Tiger Survey (SWTS).

SWTS pertama yang pernah dilaksanakan antara tahun 2007 hingga 2009 mengungkap bahwa 72 persen wilayah survei masih dihuni oleh harimau sumatera. Menurut banyak ahli, kondisi tersebut dikatakan masih baik. SWTS pertama juga telah menjadi rujukan utama dalam penyusunan beberapa dokumen strategis konservasi harimau sumatera, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Setelah kurang lebih 10 tahun, KLHK dan mitra kerja sedang melaksanakan SWTS kedua. Sesuai dengan fungsi utamanya, kegiatan SWTS kedua ini dilaksanakan untuk mengevaluasi efektivitas upaya konservasi harimau sumatera yang telah berjalan dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Acara peluncuran survei itu digelar di Hotel Menara Peninsula, 13 Maret 2019.

"Kementerian LHK terus berkomitmen dan menjalin kerjasama yang baik dengan para pihak terkait dalam upaya pelestarian harimau sumatra di alam. Program konservasi juga berkembang dalam 10 tahun terakhir," jelas Direktur Jenderal KSDAE, Wiratno, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Direktur Bina Pengelolaan Ekosistem Esensial, Tandya Tjahjana.

"Saya berharap dengan pelaksanaan kegiatan SWTS kedua ini, dukungan dan partisipasi aktif para pihak terhadap upaya pelestarian harimau sumatra dan satwa liar lainnya semakin meningkat dan dapat disinergikan dengan kebijakan pembangunan wilayah di daerah."

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati, Indra Exploitasia menyatakan bahwa kegiatan SWTS kedua ini penting untuk dilaksanakan mengingat semakin tingginya ancaman terhadap kelestarian harimau sumatera di alam. Selain informasi terkait wilayah sebaran harimau sumatera, output yang diharapkan dari kegiatan STWS kedua yaitu terkait dengan data kondisi populasi dan sebaran satwa mangsa, penyakit dan genetik di seluruh kantong habitat harimau sumatera.

"Sehingga dapat memetakan kesenjangan aktivitas konservasi yang dilakukan," ujarnya.

Selanjutnya seluruh data, informasi dan kajian hasil kegiatan SWTS nantinya akan terpusat di database Direktorat Jenderal KSDAE dan selanjutnya menjadi acuan arahan kebijakan konservasi tidak hanya harimau sumatera akan tetapi juga satwa badak, orangutan, gajah dan satwa liar lainnya di Pulau Sumatera.

 

Survey Satwa Liar Terbesar

Harimau sumatera terekam kamera (Foto: BBTNKS dan FFI-IP)

Koordinator Pelaksana SWTS Hariyo T. Wibisono, menyatakan SWTS 2018-2019 adalah kegiatan survei satwa liar terbesar di dunia, baik dalam hal kemitraan, sumber daya manusia yang terlibat, maupun luasan wilayah. Sebanyak 74 tim survei (354 anggota tim) dari 30 lembaga diturunkan untuk melaksanakan survei di 23 wilayah sebaran harimau seluas 12,9 juta hektare, yang 6.4 juta hektare di antaranya adalah habitat yang disurvei pada SWTS pertama.

Tercatat 15 unit pelaksana teknis (UPT) KLHK, lebih dari 10 KPH, 21 LSM nasional dan internasional, dua universitas, dua perusahaan, dan 13 lembaga donor yang telah bergabung mendukung kegiatan SWTS.

Prof. Dr. Gono Semiadi dari LIPI, menerangkan bahwa ada beberapa hal yang ingin dihasilkan dari SWTS kedua ini. "Kami mengharapkan dapat menemukan proporsi area yang menjadi wilayah hidup harimau, informasi mengenai keragaman genetika populasi di masing-masing kantong habitat, meningkatkan kapasitas teknis nasional, serta beberapa dokumen strategi konservasi harimau seperti yang dihasilkan oleh SWTS pertama."

Survei ini tidak hanya melibatkan pemerintah namun juga seluruh pemangku kepentingan dalam upaya penyelamatan harimau.

"Survei pada 2007-2009 adalah survei harimau pertama terbesar di dunia. Dengan kolaborasi di masa lalu yang berhasil, kami yakin bahwa saat ini kami bisa mengulang kembali kesuksesan lewat kerjasama yang baik lintas organisasi. Keterlibatan multipihak ini merupakan langkah maju dalam membangun disain konservasi yang komprehensif di level pemerintah pusat maupun pemerintah daerah," ujar Ketua Forum HarimauKita (FHK) Munawar Kholis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi: Bom di Sibolga Jenis Lontong, Dirakit Gunakan Pipa Paralon

Posted: 12 Mar 2019 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Bom bunuh diri yang dilakukan istri terduga teroris Husein alias Abu Hamzah di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) terjadi pada pukul 01.30 WIB.

"Dugaan sementara, ledakan tersebut mengakibatkan istri dan anak terduga teroris (Husein) meninggal dunia," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Medan, Rabu (13/3/2019).

Diungkapkan Dedi, dua jenazah yang diketahui pascaledakan kedua tersebut saat itu belum bisa diidentifikasi oleh tim Inafis. Dengan begitu, belum diketahui persis‎ identitas korban tersebut.

"Kita masih menunggu tim DVI," ujarnya.

Dedi menyebut, identifikasi sementara, bom yang digunakan terduga teroris adalah bom lontong dirangkit menggunakan pipa paralon. Bom itu berisikan potasium, serpian besi, paku, dan baut.

"Bom lontong, dirakit menggunakan paralon. Polanya sama, isi paku, serpihan besi, ada baut dan mor. Petugas mengamankan ada empat buah," sebutnya.

Diduga Masih Ada Bom

Saat ini petugas yang berada di lokasi masih melakukan olah tempat kejadian, dan petugas masih berhati-hati untuk masuk ke dalam rumah tersebut, karena diduga masih ada bom.

"Petugas masih berhati-hati agar tidak menimbulkan korban jiwa kembali untuk mendekati rumah AH," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bunga Langka Raksasa Ditemukan di Hutan Angkola

Posted: 12 Mar 2019 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Tapanuli Selatan - Bunga Padma (Rafflesia gaduatensis) raksasa ditemukan di hutan lindung Angkola, Kecamatan Batang Angkola, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Ketua Kelompok Pencinta Alam (KPA) Forester Tapanuli Bagian Selatan, Ahmad Yani Batubara, di Sipirok, Selasa, mengatakan bunga langka tersebut pertama kali ditemukan oleh peserta yang mengikuti lomba lintas hutan tropis V tahun 2019 .

"Saat ditemukan bunga langka dengan lima kelopak berbintik putih itu sedang mekar," katanya.

Bunga tersebut ditemukan tepatnya di kawasan hutan lindung Angkola yang dikelola UPT Kesatuan Pengelolaaan Hutan (KPH) wilayah 10 Padangsidempuan, Sumatera Utara.

"Persisnya antara Pos 3 dan Pos 4 dari lima pos jalur lomba lintas alam sepanjang 13,4 kilometer dengan titik start Kelurahan Pintu Padang I melintasi Danau di Gunung Gon-gonan serta finish-nya di Sigalangan, Batang Angkola," katanya.

Temuan itu langsung menarik perhatian peserta. Bahkan, momen itu tidak dilewatkan begitu saja sebelum peserta lomba berswafoto bersama bunga langka raksasa yang mereka temukan tersebut.

"Tidak jarang peserta merasa kagum, soalnya banyak di antara peserta baru melihat langsung bunga padma yang tumbuh mekar di habitatnya," kata Yani.

Menurut Yani, kawasan hutan lindung Angkola banyak menyimpan keanekaragaman hayati yang tinggi. Bahkan, bunga padma di hutan lindung Angkola hal baru, soalnya belum pernah tercatat dalam jurnal ilmiah.

"Bunga sejenis ini pernah ditemukan juga di Taman Wisata Alam Sicikeh-cike, Dairi dan Taman Nasional Batang Gadis," kata dia dilansir Antara.

Dalam sejarahnya, menurut Yani, Rafflesia gadutensis ditemukan oleh W. Meijer tahun 1984 di kawasan Ulu Gadut.

Berbeda dengan bunga rafflesia lain yang pada umumnya corak khas dan ukuran yang kecil, padma di hutan lindung Angkola ukurannya jauh lebih besar.

"Bunga yang pada umumnya berdiameter sekitar 40-60 cm ini tumbuh pada inangnya menjalar tetrastigma lanceolarium, yang termasuk keluarga vitaceae," jelasnya.

Diperkirakan, bunga padma ini memiliki proses tumbuh selama lima tahun dalam fase dari biji, kuncup, bunga dan biji kembali (proses layu).

"Saat ini kami masih melakukan penelitian terhadap bunga langka itu. Meskipun tidak sepopuler rafflesia arnoldii yang telah banyak diketahui publik, informasi dan data biologi dari spesies rafflesia gadutensis masih banyak yang belum tergali hingga hari ini," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengunjungi Macau, Kota Judi Terbesar di Asia

Posted: 12 Mar 2019 10:01 PM PDT

Wisatawan bersantai di sebuah jembatan dengan latar belakang resor kasino The Venetian di Macau, 5 Maret 2019. Macau masuk dalam daerah administrasi khusus di daratan China. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan bersantai di sebuah jembatan dengan latar belakang resor kasino The Venetian di Macau, 5 Maret 2019. Macau masuk dalam daerah administrasi khusus di daratan China. (Anthony Wallace/AFP)

Seorang pria memakai ponselnya di luar resor kasino The Venetian, Macau, 5 Maret 2019. Pada sensus 2016, penduduk Macau berjumlah sekitar 600 ribu orang. (Anthony Wallace/AFP)

Seorang pria memakai ponselnya di luar resor kasino The Venetian, Macau, 5 Maret 2019. Pada sensus 2016, penduduk Macau berjumlah sekitar 600 ribu orang. (Anthony Wallace/AFP)

Jembatan masuk menuju The Venetian di Macau, 5 Maret 2019. Macau telah menjadi tempat bagi 30 juta pengunjung setiap tahunnya. (Anthony Wallace/AFP)

Jembatan masuk menuju The Venetian di Macau, 5 Maret 2019. Macau telah menjadi tempat bagi 30 juta pengunjung setiap tahunnya. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan berpose dengan latar belakang resor kasino Grand Lisboa (tengah) di Macau, 5 Maret 2019. Macau menyimpan kasino-kasino ternama dan dicap sebagai surga bagi para penjudi. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan berpose dengan latar belakang resor kasino Grand Lisboa (tengah) di Macau, 5 Maret 2019. Macau menyimpan kasino-kasino ternama dan dicap sebagai surga bagi para penjudi. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan duduk dalam bus dengan latar belakang resor kasino Grand Lisboa (kiri) di Macau, 5 Maret 2019. Macau saat ini memiliki lebih dari 30.000 kamar tamu yang tersebar di 75 properti hotel bintang dua hingga lima. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan duduk dalam bus dengan latar belakang resor kasino Grand Lisboa (kiri) di Macau, 5 Maret 2019. Macau saat ini memiliki lebih dari 30.000 kamar tamu yang tersebar di 75 properti hotel bintang dua hingga lima. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan berjalan dalam resor kasino The Venetian di Macau, 5 Maret 2019. Sekitar 20 persen orang yang tinggal di Macau bekerja di kasino. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan berjalan dalam resor kasino The Venetian di Macau, 5 Maret 2019. Sekitar 20 persen orang yang tinggal di Macau bekerja di kasino. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan antre untuk menaiki bus dengan latar belakang resor kasino Grand Lisboa (tengah) di Macau, 5 Maret 2019. Hampir setengah PDB Macau atau sekitar 45 miliar dolar AS bersumber dari perjudian. (Anthony Wallace/AFP)

Wisatawan antre untuk menaiki bus dengan latar belakang resor kasino Grand Lisboa (tengah) di Macau, 5 Maret 2019. Hampir setengah PDB Macau atau sekitar 45 miliar dolar AS bersumber dari perjudian. (Anthony Wallace/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menebak Karakter Pria Berdasarkan Gaya Rambutnya, Mana Favoritmu?

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gaya potongan rambut seseorang merupakan hal terpenting yang mendukung penampilan mereka. Ada beberapa alasan mengapa orang tersebut memilih potongan rambutnya, dan hal inilah yang mendasari hubungan sifat seseorang dengan gaya potongan rambut pilihan mereka. Bagaimana hubungannya? Berikut ulasannya dilansir dari brightside:

1. Pria dengan rambut panjang

Pria berambut panjang tentu terlihat sangat tampan. Mereka biasanya adalah pria-pria yang kreatif. Mungkin terinspirasi dari karakter-karakter fantasi atau kaum Viking?

2. Pria dengan rambut pendek

Pria dengan rambut pendek

Potongan rambut ini sering dinilai pilihan untuk para pria macho, namun juga pria yang sedikit cemburuan. Beberapa dari pria yang memiliki rambut seperti ini biasanya juga memiliki karisma yang luar biasa, sehingga mampu memikat perhatian orang yang melihatnya.

Selain itu, pria cerdas dan juga memiliki rasa humor tinggi juga kebanyakan memiliki model rambut seperti ini. Kamu termasuk enggak?

3. Pria botak

Pria botak

Pria-pria yang memiliki potongan rambut seperti ini biasanya sangat pintar dan bijaksana. Biasanya orang yang memilih botak adalah individu yang tidak peduli dengan tren rambut yang tidak akan ada habisnya berganti. Pria botak juga cenderung setia terhadap pasangannya.

4. Pria dengan rambut belah tengah

Potongan rambut seperti ini biasanya dipilih oleh pria yang tekun, rajin, gigih dan ambisius dalam meraih tujuan hidupnya.

5. Pria dengan rambut cepak

Mereka yang memiliki rambut cepak biasanya dikenal pria yang humoris dan sering menjadi pusat perhatian. Mereka adalah orang-orang yang suka bermimpi dan bernostalgia.

6. Pria dengan rambut setengah panjang dan poni ke samping

Pria dengan rambut setengah panjang dan poni ke samping

Mereka adalah orang yang romantis. Pria yang memiliki potongan rambut seperti ini biasanya pintar dalam mengatur segalanya dalam hidup. Mereka adalah pria yang sangat menarik hati para wanita, namun juga mampu mengambil keuntungan di baliknya.

7. Pria dengan rambut tebal di tengah dan tipis di samping

Potongan rambut ini biasanya dipilih oleh mereka pria yang memiliki kepercayaan diri kadang berotot.

8. Pria dengan rambut kuncir belakang

Mereka adalah para pria yang sangat percaya diri dan pemberani. Hampir semua sifat yang dimilikinya menarik banyak orang.

Kira-Kira, manakah potongan rambut pria yang menjadi favoritmu?

Reporter:

Fira Shabrina Malia

Universitas Indonesia

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Jokowi: Indonesia Siap Gelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia siap untuk menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ajang balap motor paling elit di dunia itu akan digelar pada 2021.

"Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kami siap, baik dalam organisasi maupun menyiapkan infrastruktur menuju ke sana (gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika). Saya sampaikan Indonesia siap," ucap Presiden Jokowi setelah bertemu CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, baru-baru ini.

Seperti diketahui, Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah MotoGP 2021 setelah Dorna dan Indonesia Tourim Development Corpotation menandatangani kerjasama. Penandatanganan itu dilakukan pada awal tahun ini.

Pengalaman Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018 menjadi modal untuk menggelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika. Indonesia pun yakin bisa mengulang sukses seperti dua event internasional tersebut.

Terakhir kali, Indonesia menggelar MotoGP pada 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

 

MotoGP Indonesia Berbeda

Foto udara pada 23 Februari 2019 menunjukkan proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan sepeda motor MotoGP dengan sirkuit jalan yang dibangun khusus, di Mandalika, selatan Lombok. (ARSYAD ALI/AFP)

Rencananya, MotoGP Indonesia 2021 menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan. Sirkuit tersebut akan dipadukan dengan keindahan alam Mandalika yang membuat MotoGP Indonesia berbeda dari yang sudah ada dan pantang dilewatkan.

"Mr Carmelo menyampaikan bahwa street circuit di Mandalika sangat indah karena berdekatan dengan pantai," kata Presiden Jokowi.

Infrastruktur

Dalam waktu dekat, pemerintah akan segera menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan guna menunjang gelaran MotoGP 2021. Untuk diketahui, pembangunan sirkuit Mandalika yang berupa jalan raya sebagai bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata di Mandalika.

Infrastruktur yang akan dibangun nantinya tidak hanya digunakan untuk penyelenggaraan MotoGP, namun juga sebagai daya tarik wisata Mandalika. Seperti diketahui, Mandalika telah ditetapkan sebagai satu dari 10 destinasi wisata baru Indonesia selain Bali.

"Ini berarti kita akan dapat dua kemanfaatan. Selain olahraga juga pariwisata kita secara brand akan terangkat dan Mandalika akan mendapat manfaat karena investasi ini," tutup Presiden Jokowi.

Untuk mengetahui berita-berita menarik lainnya klik JawaPos.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Becak Otonom Gegerkan Pekalongan

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Pekalongan - Seorang pria menarik perhatian setelah mengendarai sebuah becak dengan cara tak biasa. Bagaimana tidak, pria tersebut terlihat mengendarai becaknya dari bagian tempat duduk penumpang.

Seperti dilansir @dampittv, Rabu (13/3/2019) terlihat sebuah becak seperti berjalan sendiri atau otonom karena tidak ada pengendara yang biasa duduk diatas roda belakang.

Membawa beberapa lembar tripleks, tempat duduk pengendara harus tertutup besarnya barang bawaan. Mencari akal, pria tersebut nekat mengendarai becak dari bagian tempat duduk penumpang.

Dengan mencopot tempat duduk bagian depan, tubuh pria tersebut terlihat berada dibawah tripleks. Dengan sesekali tengkurap, pria tersebut berhasil mengayuh kendaraan roda tiga tersebut.

Selanjutnya

Meski demikian, rem yang berada di bagian belakang tak bisa digunakan, sehingga Ia harus sigap apabila harus menghentikan kendaraan dengan kedua kakinya.

Aksi tersebut menarik perhatian pengguna kendaraan yang melintas. Terlihat beberapa orang sempat bingung dan mencari pengendara becak tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polisi Sebut Istri Terduga Teroris Lebih Keras

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Polisi memastikan istri dan anak terduga teroris di Sibolga meledakkan diri di dalam rumah. Polisi bahkan menyebut istri terduga teroris tersebut lebih keras terpapar paham terorisme.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olahraga Bersama Ibas, Ani Yudhoyono: Instrukturnya Galak

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olahraga ringan dilakukan Ani Yudhoyono di tengah perjuangan melawan kanker darah. Kali ini Ibas Yudhoyono yang bertugas menemani sang ibu.

Dalam foto yang diunggah @ibasyudhoyono pada Minggu, 10 Maret 2019, tampak Ani Yudhoyono tengah meregangkan tubuh. Keduanya melakukan peregangan kaki dan tangan. Terlihat juga mereka berjalan melintasi koridor rumah sakit sembari keduanya sama-sama menggunakan masker.

Cara Ibas memimpin olahraga pun dikomentari oleh sang ibu. "Kalo kata Memo: instrukturnya "galak" lol," yang kemudian diikuti emotikon tertawa oleh Ibas dalam unggahan foto di Instagram.

"Mungkin seperti exercise ala tentara dengan ketukaan "satu..dua.." tapi insyaAllah Memo, tetap bugar, segar, dan semangat dalam proses penyembuhannya ya," tutur Ibas lagi.

 

 

Dukungan semangat dari warganet pun mengalir deras untuk Ani Yudhoyono di kolom komentar. Seperti @mastuti_hu yang menyemangati agar tetap semangat berolahraga apalagi bersama anaknya.

Ada juga @jutdah yang mengatakan, "Alhamdullilah dpt instructor yg galak tp baik hati y."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Luna Maya Bicara soal Pacari Anak Konglomerat Malaysia

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Di saat kabar pernikahan Syahrini dan Luna Maya sukses membuat heboh. Luna Maya pun membawa kabar yang tak kalah mengejutkan. Mantan kekasih Reino Barack itu disebut-sebut telah move on dan memiliki gandengan baru.

Luna Maya santer dikabarkan menjalin hubungan spesial dengan pria Malaysia bernama Faisal Nasimuddin. Ini lantaran keduanya kerap menghabiskan waktu bersama. Setelah kabar ini terus menjadi perbincangan publik, Luna Maya akhirnya memberi tanggapan.

Luna menyisipkan tanggapan ke kolom komentar akun gosip @lambe_turah saat akun tersebut mengunggah foto kebersamaan Luna Maya bersama Faisal dan adiknya yang juga sahabat Luna, Diana Nasimuddin.

"Uncccchhhhhh berseri seri yess Doain aje yg terbaik Minceu mau nonton putri Indonesia dl di tipi," tulis akun tersebut, Selasa 12 Maret 2019.

Di situ Luna menegaskan bahwa hubungannya dengan Faisal hanya teman. "Itu teman minceu," balas Luna Maya.

Pasangan Serasi

(Nurwahyunan/bintang.com)

Mendengar jawaban Luna, banyak warganet ikut berkomentar. Menurut mereka Luna Maya justru cocok dengan Faisal setelah putus dari Reino Barack.

"@lunamaya kak lunaaa itu lebih ketceeeeh daripada yg onoooh yg mudah ditikung ky jalanan puncak," tulis akun @istiarso_dewi.

"@lunamaya semoga berjodoh ya mba luna aamiin," tulis akun @ayunasution.

"@lunamaya gpp mba bulan, semua berawal dari teman," tulis akun @deswinta171. (Amrikh Palupi/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malware Boneka Rusia Ancam Pengguna Pirate Bay

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Kaspersky Lab mendeteksi malware baru yang menyebar lewat Pirate Bay, salah satu pelacak torrent paling populer.

Malware tersebut bertujuan untuk menginfeksi PC pengguna dengan adware dan tool untuk menginstal malware tambahan.

Karena malware ini memiliki struktur berlapis-lapis dan fungsi tersembunyi yang tampaknya tak berujung, ancaman tersebut dinamai PirateMatryoshka, yang dikenal sebagai boneka klasik berlapis asal Rusia.

Layanan torrent pada umumnya digunakan sebagai distribusi konten bajakan yang ilegal di sebagian besar negara, karena melanggar hak kekayaan intelektual.

Namun, mereka tetap mudah diakses secara online. Mereka adalah target populer bagi para pelaku kejahatan siber yang ingin mendistribusikan kode berbahaya.

Alasannya sederhana, karena biasanya pengguna yang mencari konten ilegal sering memutuskan akses solusi keamanan online mereka dan mengabaikan pemberitahuan sistem untuk menginstal konten yang sedang diunduh.

Malware PirateMatryoshka ini membawa pengunduh-Trojan (malware yang mengunduh penginstal berbahaya) dan menyamar sebagai perangkat lunak legal yang telah diretas untuk digunakan dalam aktivitas PC sehari-hari.

Malware ini menggunakan metode "penggandaan diri" yang canggih dilihat dari segi rekayasa sosial.

Sementara, sebagian besar kode berbahaya yang ditemukan di situs web torrent biasanya disebarkan melalui akun pengguna yang baru disiapkan (seeder), malware PirateMatryoshka justru disebarkan menggunakan seeder mapan tanpa riwayat aktivitas berbahaya yang terlihat.

Malware tersebut diketahui memiliki proses distribusi yang efektif akhir-akhir ini, dikarenakan reputasi yang baik dari seeder sehingga calon target serangan tidak akan meragukan keamanan file yang diunduh.

Mekanisme Malware

Foto: Ilustrasi malware di smartphone (ibitimes.co.uk)

Sekali pengguna mengklik penginstal tersebut, maka proses infeksi PirateMatryoshka dimulai.

Fase pertama, korban akan ditunjukkan salinan halaman The Pirate Bay yang sebenarnya merupakan halaman phishing, meminta mereka untuk memasukkan kredensial dan melanjutkan instalasi.

Berikutnya, malware ini akan menggunakan kredensial tersebut untuk membuat seeder baru yang mendistribusikan lebih banyak PirateMatryoshka. Penelitian menunjukkan bahwa sejauh ini, tautan phishing telah diakses sekitar 10.000 kali.

Proses infeksi bahkan akan tetap berlanjut walaupun kredensial pengguna tidak dimasukkan, caranya dengan membuka modul berbahaya lebih lanjut oleh malware tersebut.

Ini termasuk clicker berbahaya, di antaranya dapat mencentang kotak 'setuju' yang memicu pemasangan adware dan membanjiri perangkat korban dengan perangkat lunak yang tidak diminta.

Sekitar 70 persen dari program yang diinstal adalah adware seperti pBot, dan 10 persen terdeteksi sebagai malware yang dapat membawa malware lain ke PC, seperti pengunduh Trojan lainnya.

Pirate Matryoshka menggabungkan malware canggih multi-fungsi dengan pendistribusian yang efektif dan berguna untuk menyebarkan kode berbahaya yang ia miliki maupun kode berbahaya lainnya.

"Kami sering menemukan malware dengan sistem yang berlapis-lapis, seperti droppers, dan installer berbahaya yang memasang lebih dari satu program di perangkat pengguna," kata Anton V. Ivanov, peneliti keamanan di Kaspersky Lab.

"Namun, kehadiran PirateMatryoshka telah menunjukkan kecanggihan sebuah malware yang mampu menjangkau komputer korban melalui adware dan dapat memunculkan installer tambahan yang dimaksudkan untuk membawa lebih banyak malware lainnya," lanjutnya.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek di Sini! Lowongan Kerja Terbaru BUMN

Posted: 12 Mar 2019 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lagi cari kerja dalam waktu dekat? Mau berkarier di salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN)? Buruan persiapkan diri terbaik Anda karena salah satu BUMN, yakni PT Bukit Asam Tbk sedang membuka lowongan kerja terbaru.

Kali ini, PT Bukit Asam membuka lowongan kerja dengan menyediakan empat posisi sekaligus. Pendaftaran lowongan kerja dibuka hingga 13 Maret 2019.

Sekadar informasi, PT Bukit Asam Tbk adalah perusahaan pertambangan batubara terkemuka di Indonesia yang bertransformasi menjadi perusahaan energi kelas dunia.

Mengutip Instagram PT Bukit Asam, @bukitasamptba, Selasa (12/3/2019), berikut posisi yang disediakan, persyaratan bagi para pelamar, dan tata cara pendaftaran lowongan kerja terbaru:

Posisi yang Disediakan:

1. Environmental Planner & Engineer

2. Business Law & Licence Expert

3. Business Management Expert

4. Civil Planner & Engineer

Persyaratan

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

1. Kontrak berjangka waktu 1 tahun untuk semua posisi;

2. Gelar Sarjana dari:

- Teknik Lingkungan

- Law / Legal

- Manajemen

- Teknik Sipil

3. Pengalaman minimal 7 tahun;

4. Usia maksimal 35 tahun;

5. Aktif berbicara bahasa Inggris;

6. Penempatan di Jakarta.

Pendaftaran

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Semua aplikasi akan diproses melalui www.jobstreet.co.id.

Silakan kunjungi iklan pekerjaan resmi di: goo.gl/jLZoPs

Aplikasi akan ditutup pada hari Rabu, 13 Maret 2019.

Harap perhatikan penipuan!

- PTBA tidak pernah meminta bayaran dari pelamar selama proses rekrutmen.

- Setiap komunikasi e-mail akan berasal dari akun e-mail resmi PTBA, dengan domain "@bukitasam.co.id"

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Ciri Bakteri Penyebab Penyakit Kolera, Tampak Sepele Tapi Bisa Berujung Fatal

Posted: 12 Mar 2019 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyakit kolera adalah penyakit infeksi saluran usus bersifat akut. Akut, artinya penyakit ini bisa menyerang sewaktu-waktu.

Jika seseorang terkena kolera, dalam waktu hanya beberapa hari ia kehilangan banyak cairan tubuh dan masuk pada kondisi dehidrasi. Bila dehidrasi tidak segera ditangani, maka akan berlanjut ke arah hipovolemik dan asidosis metabolic. Dalam waktu yang relatif singkat dan dapat menyebabkan kematian bila penanganan tidak efektif.

Kolera pertama kali populer di Amerika pada tahun 1800-an sebelum sistem air bersih diterapkan. Sampai saat ini, kolera tetap dianggap sebagai masalah serius yang menyerang penduduk di negara dengan sanitasi rendah, rentan peperangan, dan mengalami kelaparan.

Kolera merupakan penyakit akibat infeksi dengan diare yang disebabkan oleh mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi dengan bakteri Vibrio cholera dan Vibrio Eltor. Kedua bakteri ini masuk ke dalam tubuh seseorang melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Bakteri tersebut mengeluarkan enterotoksin (racunnya) pada saluran usus sehingga terjadilah diare (diarrhoea) disertai muntah-muntah yang agak parah. Adapun ciri bakteri penyebab penyakit kolera ini sangat jarang orang yang tahu. Bagi kamu yang penasaran, berikut Liputan6.com rangkum ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang bisa menyebabkan kematian, Rabu (13/3/2019).

Penyebab Penyakit Kolera

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, penyebab penyakit kolera adalah kontaminasi dengan bakteri Vibrio cholera dan Vibrio Eltor. Ciri bakteri ini dapat ditemukan pada makanan atau minuman yang terkontaminasi feses manusia yang terinfeksi.

Sumbernya bisa berasal dari suplai air, suplai es batu, makanan dan minuman di pinggir jalan, sayuran yang terkontaminasi kotoran manusia, ikan dan seafood mentah atau setengah matang dari perairan yang terkena limbah.

Vibrio cholera

Adapun ciri bakteri penyebab penyakit kolera sebagai berikut:

1. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang pertama adalah bakteri gram negative.

2. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang kedua adalah batang lurus dan agak lengkung.

3. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang ketiga adalah terdapat tunggal dan dalam rantai berpilin.

4. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang keempat adalah tidak berkapsul.

5. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang kelima adalah tidak membentuk spora.

6. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang keenam adalah bergerak flagella tunggal polar.

7. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang ketujuh adalah aerobik, anaerobik fakultatif.

8. Ciri bakteri penyebab penyakit kolera yang kedelapan adalah patogenik, menyebabkan kolera.

Vibrio Eltor

Sedangkan untuk bakteri Vibrio Eltor merupakan nama yang diberikan untuk suatu strain tertentu dari bakteri vibrio cholera, agen penyebab kolera, juga dikenal sebagai biotip kolera. Bakteri vibrio El Tor pertama kali di identifikasi pada tahun 1905 di sebuah kamp karantina di semenanjung Siniai di El Tor, Mesir oleh seorang dokter jerman E. Gotschlich.

Adapun ciri bakteri penyebab penyakit kolera Vibrio Eltor adalah sebagai berikut:

Vibrio telah strain dominant dalam pandemic global ke tujuh dan mengandung Inaba, Ogawa, dan serotip Hokijama. Menghasilkan hemolisin larut lebih berhubungan dengan vibrio non-kolera.

Infeksi bakteri vibrio El Tor relatif ringan atau setidaknya jarang fatal dan pasien tidak menunjukkan gejala selama sekitar seminggu. El Tor lebih lama bertahan dalam tubuh dari pada vibrio cholera klasik.

Gejala Penyakit Kolera

Gejala awal kolera biasanya ditunjukkan beberapa jam sampai lima hari setelah infeksi terjadi. Ada gejala yang tergolong ringan hingga sangat serius.

Bahkan satu di antara 20 orang bisa terkena diare disertai dengan muntah yang memicu dehidrasi. Meskipun seseorang tidak mengalami gejala apapun, bukan berarti penyebaran infeksinya berhenti.

1. Masa tunas hanya beberapa jam sampai 1 hari, setelah itu perut sakit dan buang-buang air besar 20 kali sehari dan encer.

2. Muntah-muntah.

3. Badan kering karena kekurangan zat cair.

4. Penyakit dapat berlangsung dari 24 jam-4 hari dan biasanya terjadi kematian.

5. Beberapa tanda dari dehidrasi itu sendiri adalah detak jantung yang lebih cepat, kehilangan elastisitas kulit, membran yang mengering (seperti mulut, tenggorokan, hidung, dan kelopak mata), tekanan darah rendah, rasa haus, dan nyeri otot.

Cara mencegah dan mengobati penyakit kolera

Ingat, pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Namun kalau terserang penyakit ini, jangan tunggu lama tubuh dalam kondisi kekurangan cairan. Bila sudah terlanjur terserang penyakit kolera, minum larutan gula garam (Oralit) dan segera bawa ke dokter. Dengan penanganan yang baik, seorang penderita kolera akan bisa sembuh dan membaik kondisinya.

1. Lingkungan harus tetap bersih dari sampah atau kotoran lain yang dapat dijadikan tempat hidup dan berkembang biak lalat.

2. Menjaga agar makanan atau minuman tidak dihinggapi lalat.

3. Dianjurkan untuk membeli makanan/minuman yang dibungkus/ditutup rapi/rapat.

Kamu bisa melindungi diri sendiri dengan cara meminum air yang sudah masak atau benar-benar bersih. Gunakan air tersebut untuk minuman, masakan, membuat es batu, menggosok gigi, mandi, mencuci buah dan sayur, serta mencuci peralatan memasak dan makan.

Selain itu hindari makanan mentah, buah atau sayur yang belum dikupas, produk susu yang tidak dipasteurisasi, daging mentah atau setengah matang, dan ikan yang berisiko terkontaminasi air kotor.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PDIP: TNI-Polri Harus Siapkan Strategi Khusus Berantas KKB di Papua

Posted: 12 Mar 2019 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi I DPR Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira meminta kejadian penembakan tiga prajurit TNI oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga, Papua dijadikan pelajaran untuk bisa meningkatkan keamanan di wilayah Papua.

"Aksi-aksi yang dilakukan KKB sudah menjurus kepada perlawanan yang mengganggu kedaulatan NKRI," kata Andreas pada wartawan, Rabu (13/3/2019).

Menurut Andreas, kejadian ini harus ditangani secara serius. Karena itu dia berharap Panglima TNI bisa segera mengambil langkah strategis.

"Oleh karena itu Panglima TNI perlu melalukan langkah-langkah strategis, termasuk tindakan-tindakan tegas memberantas tuntas kekuatan-kekuatan separatis di wilayah Nduga, papua  dan sekitarnya," ungkap dia. 

Menurut Andreas, TNI dan Polri memang sudah seharusnya meningkatkan kewaspadaan pada kejadian yang mengancam keamanan NKRI. Sehingga tak ada lagi memakan korban. 

"Agar tidak terjadi korban berjatuhan yang pada gilirannya akan melemahkan moral TNI atau Polri dalam mengawal keamanan dan pembangunan di Papua," ucap dia.

Tiga Prajurit Gugur

Tentara membawa peti jenazah rekan mereka yang tewas dalam serangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Timika, Papua, (Kamis/12). Sersan Satu Handoko gugur dalam kontak senjata dengan KKB di Papua. (AP Photo/Mujiono)

Sebelumnya, jenazah tiga prajurit TNI yang gugur saat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua, Kamis pagi 7 Maret 2019.

Tiga prajurit TNI yang gugur itu atas nama Serda Mirwariyadin, Serda Yusdin, dan Serda Siswanto Bayu Aji.

Seperti dikutip dari Antara, sejak Kamis petang jenazah ketiga prajurit TNI tersebut dievakuasi ke Timika menggunakan dua helikopter Bell milik TNI AD, dan selanjutnya langsung dibawa ke kamar jenazah RSUD Mimika untuk menjalani autopsi.

 

Reporter: Sania Mashabi

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Down, Gmail dan Google Drive Tak Bisa Diakses di Beberapa Negara

Posted: 12 Mar 2019 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gmail dan Google Drive sempat tumbang dan tidak bisa diakses oleh pengguna di beberapa negara. Dalam kasus ini, Indonesia menjadi salah satunya.

Tak cuma Indonesia, seperti dilaporkan akun yang sering melaporkan kerusakan situs web Report Outage, negara lain seperti Australia dan Selandia Baru juga tidak dapat mengakses Gmail dan Google Drive.

Lewat laporannya, masalah tersebut muncul sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam akun Twitter-nya, Report Outage juga memperlihatkan beberapa negara lain yang dapat mengakses Gmail dan Google Drive, seperti Amerika Serikat (AS), Turki, dan beberapa negara di Eropa barat.

Namun kini, per pukul 11.46 WIB, pantauan Tekno Liputan6.com, Gmail sudah kembali bisa diakses. Salah satu anggota tim kami mencoba dengan mengirim email dan sukses terkirim.

Gmail dan Google Drive sedang mengalami masalah koneksi secara global. (Doc: Google)

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelaran Pelatihan Dongkrak Kualitas SDM

Posted: 12 Mar 2019 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya generasi muda menjadi modal penting bagi peningkatan perekonomian di tengah ketatnya persaingan global.

Melihat hal itu, pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla gencar melakukan pelatihan bagi orang muda.

Nah, untuk mendorong dan meningkatkan daya saing SDM di masa mendatang, dibutuhkan sinergi antara kementerian lembaga terkait lainnya. Pelbagai pelatihan digelar agar anak muda memiliki keterampilan serta mampu bekerja menunjukkan produktivitasnya.

Salah satunya, program pembangunan 1.000 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di lingkungan pondok pesantren se-Indonesia.

BLK Komunitas adalah unit pelatihan kerja yang didirikan di lembaga pendidikan keagamaan atau lembaga keagamaan non pemerintah.

Saat ini, ekonomi Indonesia tumbuh cukup baik di kisaran 5 persen. Pertumbuhan ekonomi ini juga diikuti dengan penurunan pengangguran hingga mencapai 5,34 persen. Angka pengangguran itu merupakan yang terendah dalam 20 tahun terakhir.

Tercatat, jumlah pengangguran yang dilaporkan Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2018 berkurang sebanyak 40.000 jiwa. Hal itu menjadi tolok ukur pelatihan yang digelar oleh pemerintah memberi dampak positif dan perlu ditingkatkan.

Apalagi, Indonesia tengah menyambut puncak bonus demografi pada 2030 mendatang. Tingginya populasi usia produktif diyakini dapat memberi efek positif terhadap daya saing bangsa.

 

Ingin tahu program pemerintah yang buat Anda muda dan kreatif? saksikan di sini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenali Penyakit Tiroid yang Sempat Diidap Rachel Amanda, Perlu Diwaspadai

Posted: 12 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pada tahun 2014 lalu, mantan artis cilik Rachel Amanda divonis oleh dokter terkena kanker tiroid. Sebenarnya apa itu penyakit tiroid? Sebagian dari kamu mungkin telah mengetahui apa itu penyakit tiroid. Namun ada juga yang masih belum memahami penyakit tiroid ini, baik itu ciri-ciri dan penyebabnya.

Sebagai seseorang yang pernah mengidap penyakit tiroid, Rachel pun harus benar-benar menjaga makanannya serta menjalani pengobatan. Jika kamu terkena penyakit tiroid ini, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Hal ini karena bila tidak dilakukan pengobatan dengan benar, jika terus tumbuh dan berkembang akan menyebabkan kanker tiroid.

Tentu saja meski terkena penyakit tiroid terkesan sederhana dan ringan, akan tetapi efek yang akan ditimbulkan nantinya cukup serius. Selain itu, gejala yang ditimbulkan apabila terserang penyakit ini pun bermacam-macam. Meskipun begitu, adapula yang terkena penyakit tiroid ini memiliki gejala yang cukup samar, sehingga tidak terlalu terdeteksi.

Agar kamu tidak terserang penyakit tiroid, ada baiknya untuk mengenali bagaimana ciri-ciri dan penyebab dari penyakit tiroid ini. Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

Penyakit Tiroid

Penyakit Tiroid (iStockphoto)

Penyakit tiroid sendiri merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon pada kelenjar tiroid di dalam tubuh. Kelenjar tiroid sebenarnya terdapat pada tubuh semua orang. Akan tetapi bila kinerja dari kelenjar ini terlalu aktif atau bahkan kurang aktif, inilah yang bisa mengakibatkan terkena penyakit tiroid.

Kelenjar tiroid ini terletak pada bagian depan leher dan memiliki bentuk seperti kupu-kupu. Selain itu, kelenjar tiroid ini sebenarnya memiliki fungsi yang sangat baik baik tubuh.

Antara lain untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein bagi tubuh dan juga mengatur sensivitas tubuh terhadap hormon lainnya. Namun bila kelenjar tiroid ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan mengakibatkan penyakit tiroid.

Jenis Penyakit Tiroid

Penyakit Tiroid

1. Hipertiroid

Hipertiroid sendiri merupakan sebuah keadaan di mana kelenjar tiroid ini bekerja secara aktif sehingga mengakibatkan sintesis dan juga sekresi berlebih terhadap hormon tiroid. Gejala yang timbul akibat dari hipertiroid ini pun ada dua jenis, yaitu umum dan juga spesifik.

Untuk gejala umum ataupun ciri-ciri yang bisa dialami oleh penderita hipertiroid ini antara lain, kamu akan mudah mengalami kelelahan dan juga tidak tahan terhadap udara yang panas. Selain itu leher pun akan mengalami pembengkakan serta mengalami penurunan berat badan.

Meskipun kamu mengalami penurunan berat badan, akan tetapi nafsu makanmu pun masih cukup tinggi, serta sering mengalami buang air besar.Untuk ciri-ciri penyakit hipertiroid sendiri ada beberapa gangguan yang bisa dialami pada sistem pencernaan seperti nafsu makan tinggi, sering mual dan muntah, sulit untuk menelan makanan serta adanya pembesaran pada limfa.

Sedangkan sistem reproduksi biasanya kamu akan mengalami gangguan pada siklus haid, penurunan libido, ginekomastia pada kaum pria. Untuk kulit biasanya akan menjadi basah atau mengeluarkan keringat berlebih.

Pada psikis dan saraf bisa mengakibatkan seseorang mudah tersinggung, sulit tidur serta tangan gemetar. Jantung serta pada sistem otot dan juga tulang pun mengalami permasalahan jika terkena hipertiroid ini.

Jenis Penyakit Tiroid

2. Hipotiroid

Berbeda dengan hipertiroid, pada hipotiroid justru kinerja dari kelenjar tiroid ini tidak bekerja secara maksimal sehingga hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid pun sangat sedikit. Gejala dari hipotiroid ini pun tidak berkembang secara cepat, bahkan bisa mencapai hitungan tahun.

Selain itu, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit hipotiroid ini pun cukup beragam. Gejala terkena hipotirooid tidak terlalu signifikan, bahkan mungkin kamu tidak menyadarinya.

Gejala sederhana dari hipotiroid ialah kamu akan mengalami kelelahan dan juga kenaikan berat badan serta metabolisme tubuh akan menurun. Namun bila kamu tidak menyadarinya, maka gejala dari hipotiroid lainnya pun akan muncul.

Seperti kamu akan lebih sensitif pada udara dingin, kulit kering, suara akan menjadi serak, serta wajah yang membengkak. Selain itu kadar kolesterol pada tubuh pun akan meningkat, nyeri dan juga kaku sendi, periode menstruasi yang tidak teratur bahkan cenderung lebih berat. Pada jantung nantinya kamu akan mengalami pelemahan denyut jantung.

Tentu saja bila kamu tidak segera melakukan pengobatan, maka gejala dari hipotiroid pun akan semakin parah. Bahkan jika kamu terkesan membiarkan penyakit tiroid satu ini, nyawamu pun akan terancam.

Penyebab Penyakit Tiroid

Penyakit Tiroid (CHAIYARAT/Shutterstock)

Adanya peningkatan ataupun penurunan kinerja pada kelenjar tiroid memang menjadi penyebab utama. Namun ternyata ada faktor lain yang menjadi penyebab seseorang terserang penyakit tiroid. Beberapa faktor tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Masalah pada kelenjar hipofisis atau hipotalamus.

Kedua kelenjar ini berada dasar tulang tengkorak dan berada pada bagian bawah otak. Tentu jika ada permasalahan pada kedua kelenjar ini, maka kemungkinan terkena penyakit tiroid pun cukup besar.

2. Pengaruh obat.

Bukan hanya dari dalam tubuh saja, tapi faktor yang berasal dari luar pun berpengaruh. Salah satunya apabila kamu terlalu sering mengonsumsi obat dengan kandungan litium. Kandungan litium pada sebuah obat jika dikonsumsi terlalu sering tentu saja bisa merusak sistem kerja kelenjar tiroid ini.

3. Operasi pengangkatan kelenjar tiroid.

Menghilangkan penyakit tiroid dengan jalan operasi pengangkatan kelenjar tiroid tentu saja salah. Hal ini bisa merusak sistem kerja untuk kelenjar tiroid dan berdampak pula pada organ tubuh lainnya.

4. Kadar iodin berlebih di tubuh.

Iodin atau yodium yang berlebih pada tubuh pun sangat tidak baik. Kadar iodin pada tubuh pun sebaiknya seimbang atau normal, sehingga tidak ada penyakit yang ditimbulkan kerena kelebihan iodin ataupun kekurangan iodin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Menikah, Hailey Baldwin Ternyata Punya Masalah Kulit

Posted: 12 Mar 2019 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Hailey Baldwin bisa dianggap memiliki wajah cantik dan tubuh semampai. Ditambah, selama ini ia jarang menggunakan riasan dan lebih memilih untuk tampil cantik alami.

"Kalau urusan make up, aku 'less is more'. Aku senang riasan polos daripada full make up. Aku enggak sabaran dan tidak suka menghabiskan waktu terlalu banyak merias diri," ujar Hailey Baldwin, seperti dilansir dari majalah Marie Claire.

Istri Justin Bieber ini mengaku tetap memakai kosmetik. Namun, ia tak suka kesan terlalu 'ber-make-up'. Hailey tetap mengaplikasikan foundation, gel alis, maskara, perona pipi, dan highlighter.

"Aku suka terlihat merona dan dewy. Hal terbesar yang membuat penampilanku berbeda adalah tingkat energiku. Aku olahraga tiap hari," ucap Hailey Baldwin.

Makan Burger Keju

Bagi Hailey Baldwin, tak ada yang lebh penting daripada pekerjaannya sebagai seorang model. (instagram/haileybaldwin)

Hailey dapat paras cantik dari orangtuanya. Namun, ia juga punya masalah kulit seperti kita.

"Kalau aku sering makan burger kerju, kulitku bakal enggak oke," terangnya secara jujur.

"Apalagi beberapa bulan ini aku pakai obat KB. Ini mengacaukan hormonku dan kulitku bermasalah. Muncul banyak jerawat di sana-sini," lanjut Hailey.

Tak Berbagi

Hailey Baldwin (Charles Sykes/Invision/AP)

Bila kebanyakan pasangan suami istri berbagi perawatan kulit. Hal ini tidak dilakukan oleh Hailey dan Justin. Hailey tak akan membagi produk skincare-nya pada Justin.

"Kami tidak berbagi skincare. Aku pakai pelembab yang dibuat dengan bahan darahku. Aku pikir dia enggak bakal mau pakai produk dengan darahku," pungkas Hailey.

Penulis: Rezka Aulia/Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tips Jitu Tetap Hemat Menggunakan Ojek Online Decacorn

Posted: 12 Mar 2019 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Transportasi ojek online memberi banyak kemudahan bagi masyarakat Indonesia. Tak hanya dapat mengantarkan penumpang ke tempat tujuan secara lebih cepat, tetapi juga bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Grab sebagai contoh. Grab sebagai decacorn dan super app terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.

Guna menikmati layanan tersebut, Anda akan dikenakan tarif yang cukup terjangkau. Namun, Anda tetap perlu pandai mengatur pemakaian agar tidak terlalu boros. Dilansir dari liputan6.com (20/4/2018), ada beberapa tips untuk bisa menikmati layanan ojek online dengan tetap hemat. Simak, yuk!

1. Menghindari jam sibuk

Sebaiknya Anda menghindari naik ojek online pada jam-jam sibuk karena biasanya tarifnya lebih mahal. Bahkan, tarifnya bisa naik dua kali lipat dibandingkan harga normal. Jam sibuk ini berlangsung pada waktu orang berangkat kerja dan pulang kerja. Untuk terhindar dari tarif jam sibuk ini, Anda bisa berangkat lebih pagi atau pulang sedikit lebih lambat daripada orang kebanyakan.

Selain itu, hindari pula memesan ojek online saat hujan atau cuaca buruk. Pasalnya, tarif pada saat hujan sama mahalnya seperti jam sibuk.  

2. Pecah rute perjalanan

Trik ampuh lainnya untuk menghemat ongkos adalah memecah perjalanan menjadi dua atau tiga rute. Namun, tips ini hanya berlaku kalau tujuan Anda jauh. Pertama-tama, pesan dulu ke tujuan yang berada di tengah-tengah antara lokasi Anda berada dengan destinasi tujuan. Sesampainya di sana, pesan lagi ojek lain untuk tujuan berikutnya. Biasanya dengan cara ini, Anda dapat menghemat ongkos hingga beberapa ribu rupiah. Selain itu, Anda juga akan lebih cepat mendapat ojek karena terkadang ojek menolak perjalanan dengan rute jauh.

3. Manfaatkan promo

Grab kerap menyediakan promo diskon atau cashback menarik untuk para pelanggan setia. Nah, jangan sia-siakan penawaran berharga ini untuk menghemat ongkos. Jangan lupa untuk rajin mengecek notifikasi di aplikasi agar tak ketinggalan promo. Sebab, umumnya promo seperti itu ada periode waktunya.

Saat ini pun Grab sedang menyediakan promo yang dapat Anda manfaatkan. Buat pelanggan yang berada di area Jakarta bisa mendapat diskon 70 persen hingga Rp 7 ribu yang berlaku 10 kali selama promo berlangsung. Para pengguna OVO cukup memasukkan kode promo DECACORN untuk layanan GrabBike, GrabCar, dan GrabExpress. Anda juga dapat menggunakan kode yang sama untuk mendapatkan diskon 50 persen hingga Rp 20 ribu untuk minimal pembelanjaan Rp 35 ribu di layanan GrabFood.

Sementara itu, pelanggan yang tinggal di luar Jakarta bisa menggunakan kode promo GRABDECACORN untuk memperoleh diskon 70 persen hingga Rp 6 ribu di layanan GrabCar, GrabBike, dan GrabExpress. Untuk layanan GrabFood, kode promo ini bisa memberikan kamu diskon 50 persen hingga Rp 15 ribu untuk pembelanjaan minimal Rp 25 ribu.

Tak hanya itu, ada juga promo untuk bayar tagihan dengan cashback 20 persen hingga Rp 25 ribu. Promo yang berlaku seluruh Indonesia ini dapat digunakan lima kali selama promo berlangsung dengan metode pembayaran OVO. Jangan lewatkan juga cashback 10 persen hingga Rp 10 ribu untuk isi pulsa yang berlaku lima kali selama promo berlangsung, khusus untuk metode pembayaran OVO.

Promo tersebut sebagai bentuk ucapan terima kasih Grab kepada para pelanggan dan mitra yang telah setia hingga Online-to-Offline (O2O) mobile platform ini bisa menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara. Jangan sampai kelewatan karena periodenya hanya berlangsung dari 28 Februari - 17 Maret 2019 saja.

 

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Persija Bekuk Shan United 3-1

Posted: 12 Mar 2019 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta mengemas kemenangan perdananya di Piala AFC 2019.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pakar Wasit Sebut Juventus Tidak Pantas Dapat Penalti

Posted: 12 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Juventus mampu menceploskan tiga gol ke gawang Atletico Madrid, salah satu gol terjadi lewat eksekusi penalti. Seorang pakar wasit asal Spanyol, Andujar Oliver, menilai penalti tersebut tak layak didapat Juventus.

I Bianconeri berhadapan dengan Atletico Madrid pada leg kedua babak 16 Besar Liga Champions, Rabu (13/3) dini hari WIB. Pada laga di Allianz Stadium tersebut, Juventus sukses memetik kemenangan 3-0. Tiga gol Si Nyonya Tua diborong oleg sang bintang yakni Cristiano Ronaldo.

Dengan kemenangan tersebut, maka Juve berhak lolos ke babak perempat final. Juve kalah dengan skor 2-0 pada leg pertama dan kemenangan 3-0 pada leg kedua membuat Juve unggul agregat 3-2 atas pasukan Diego Simeone.

Seperti apa komentar Andujar yang menyebut Juve tak layak dapat penalti? Simak lebih lengkapnya di bawah ini.

Juventus mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-84. Penalti diberikan oleh wasit Bojan Kuipers usai terjadi insiden antara Federico Bernardeschi dengan Angel Correa di dalam kotak penalti. Ada sentuhan dari Correa yang membuat Bernardeschi terjatuh.

Menurut Andujar, keputusan Kuipers memberi penalti untuk Juventus tidak tepat. Andujar tidak menampik bahwa ada kontak antara Correa dengan Bernardeschi. Tapi, itu bukan kontak yang terlalu berat. Hanya sebuah sentuhan ringan.

Daya Magis

Aksi Saul Niguez lewati Mario Mandzukic pada laga kedua, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Stadion Allianz, Turin, Rabu (13/3). Juventus menang 3-0 atas Atl Madrid. (AFP/Marco Bertorello)

"Menurut persepsi saya, hukuman penalti itu tidak tepat untuk diberikan," ucap Andujar seperti dikutip dari Marca.

"Memang dia [Bernardeschi] disentuh, tapi itu tidak cukup," sambungnya.

Penalti kemudian dieksekusi oleh Ronaldo dan menjadi gol pada menit ke-86. Juve lantas memastikan kemenangan dengan skor 3-0 usai eks pemain Real Madrid usai mencetak gol lewat eksekusi penalti.

Cristiano Ronaldo sempat diragukan daya magisnya di Liga Champions musim 2018/19 ini. Pasalnya, pemain berusia 34 tahun hanya mencetak satu gol saya sepanjang babak penyisihan grup. Ronaldo juga harus menerima kartu merah pada laga kontra Valencia.

Hattrick Ronaldo

Namun, penantian akan daya magis pemain asal Portugal itu datang pada leg kedua babak 16 Besar. Ronaldo membawa Juventus ke babak perempat final. Dia mencetak tiga gol. Total golnya di Liga Champions musim ini menjadi empat gol.

Empat gol tersebut dicetak setelah Ronaldo melepaskan 40 kali upaya ke gawang lawan.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Sebut Head of Agreement Pengelolaan Air Masuk Tahap Final

Posted: 12 Mar 2019 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pembahasan pengelolaan air dengan PAM Jaya dan PT Aetra dan PT Palyja saat ini sudah tahap finalisasi head of agreement (HoA).

"Kami sudah rapat, ada beberapa hal teknis yang sedang difinalkan oleh Dirut PAM, dia sedang finalkan. Nanti kalau sudah final nanti akan kami umumkan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan dalam HoA tersebut juga berisikan mengenai beberapa hal yang akan menjadi pembahasan.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengambil alih pengelolaan air dari perusahaan swasta. Pengambilalihan akan dilakukan melalui langkah perdata atau renegosiasi kontrak.

Menurut Anies Baswedan, selama kontrak yang dijalin PAM Jaya dengan PT Aetra dan PT Palyja, warga DKI banyak mengalami kerugian.

"Tujuannya (pengambilalihan) adalah mengoreksi kebijakan perjanjian yang dibuat di masa Orde Baru tahun 1997. Dan kita tahu selama 20 tahun perjalanan perjanjian ini, pelayanan air bersih di Ibu Kota tidak berkembang sesuai dengan harapan," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/2/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, pihaknya sebenarnya belum memutuskan langkah yang akan diambil Pemprov DKI Jakarta.

Putusan baru akan diambil setelah pihaknya berbicara dengan rekanan yang memegang kontrak pengelolaan air di Ibu Kota.

"Kita akan bicara dengan dua mitra (PT Aetra dan Palyja) dan sepakat untuk dijadwalkan selama satu bulan. Akan dilihat progress kita bagaimana. Kemudian, konklusinya seperti apa. Konklusi seperti yang disampaikan Tim Evaluasi kan ada beberapa opsi," jelas Priyatno melalui sambungan telepon, Selasa, 12 Maret 2019.

Tiga Pilihan

Tiga opsi itu adalah, pertama membiarkan kontrak selesai. Kedua, pemutusan kerja sama saat ini juga. Ketiga, pengambilalihan pengelolaan melalui tindakan perdata. Dia mengatakan, selama sebulan ke depan harus ada kepastian opsi yang diambil.

"Dalam satu bulan kemudian akan ada opsinya," ujar Priyatno.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Piala Presiden 2019: Barito Putera vs Persela di Indosiar

Posted: 12 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persela Lamongan di luar dugaan tampil gemilang di Piala Presiden 2019. Saat ini, mereka masih memimpin puncak klasemen Grup E dengan enam poin dari dua kemenangan.

Namun, posisi itu belum bisa menjamin mereka lolos ke 8 besar. Alhasil, mereka harus menentukan di laga terakhir lawan Barito Putera, sore ini di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Jika Persela sukses memenangi laga yang akan disiarkan Indosiar ini, untuk kali pertama mereka berhasil lolos dari fase grup selama gelaran Piala Presiden. Ini jadi prestasi tersendiri tentunya. Karena di awal, bukan unggulan. Justru Arema FC dan Barito Putera yang jadi favorit.

Di sisi lain, pelatih Barito Putera, Jacksen Tiago menegaskan jika timnya juga dalam mentalitas yang bagus saat menghadapi Persela. Itu tak lain setelah mereka berhasil memetik kemenangan 3-1 pada pertandingan sebelumnya melawan Persita Tangerang. Sehingga kans untuk lolos terbuka dengan catatan bisa menekuk Persela di laga pamungkas. 

Live Streaming Piala Presiden 2019: Barito Putera vs Persela di Indosiar dimulai pukul 15.30 WIB.

Dapatkan link Live Streaming Piala Presiden 2019: Barito Putera vs Persela di Indosiar di halaman selanjutnya.

 

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Piala Presiden 2019: Barito Putera vs Persita di Indosiar silakan klik di sini.....

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera (4-3-3): Yoo Jae Hoo (kiper); Andri Ibo, Arthu Jesus, Doni Monim, Rizky Pora (belakang); Bayu Pradana, Paulo Sitanggang, Lucas Silva (tengah); Prisca Womsiwor, Gavin Kwan, Yacob Sayuri (depan).

Pelatih: Jacksen Tiago. 

Persela Lamongan (4-3-2-1): Dian Agus (kiper); Birul Walidain, Jairo Rodrigues, Arif Satria, Samsul Arifin (belakang); Ahmad Baasith, Kei Hirose, Lucky Wahyu; Hambali Tholib, Jose Sardon (tengah); Washington Brandao (depan).

Pelatih: Aji Santoso. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda dan Artinya tentang Cinta, Motivasi, dan Sindiran

Posted: 12 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa yang paling populer di Indonesia. Bahasa Sunda biasanya ditemui di daerah sekitar Provinsi Jawa Barat. Bahasa Sunda digunakan oleh sebagian besar masyarakat Jawa Barat, sebagai bahasa daerah. Bahasa Sunda sendiri merupakan bahasa kedua terbesar di Indonesia setelah bahasa Jawa.

Memiliki logat dan cara pengucapannya yang khas, membuat beberapa orang tersenyum saat mendengar bahasa Sunda ini. Bagi orang-orang Jawa Barat, berbicara dengan bahasa Sunda dan mendengar bahasa Sunda menjadi hal yang sangat biasa.

Namun, ada juga orang Sunda yang tidak bisa lancar mengatakan bahasa Sunda ini. Terlebih bahasa yang dirangkai dan lucu. Nah, pada kata-kata lucu bahasa Sunda, ada banyak sekali jenisnya. Semua ini bergantung pada kadar kasar atau halusnya kata tersebut.

Selain itu, ada juga kata-kata lucu bahasa Sunda yang bijak, mengandung motivasi, dan masih banyak lagi. Nah, kali ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/3/2019) tentang kata-kata lucu bahasa Sunda yang bisa kamu gunakan dalam segala kondisi.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda untuk Status di Media Sosial

1. Ah ayeuna mah moal update status di Facebook teh bisi loba nu ngomen.

Artinya: Ah hari ini enggak update status di Facebook takut banyak yang komen.

2. Teu kengking diganggu, nuju teu damang. Nyuhunkeun doanya saja sing enggal damang sareng hoyong di tenggok sabari dicecepan artos.

Artinya: Jangan diganggu, lagi sakit. Minta doanya aja biar cepet sembuh sama pengen dijenguk sambil diamplopin duit.

3. Hampura pulsa maneh teu mahi keur ningali foto uing.

Artinya: Maaf pulsa kamu tidak cukup untuk melihat foto saya.

4. Nu acan update status hujan badag sok gera update status bisai kaburu raat.

Artinya: Yang belum update status ujan deras buruan update keburu reda.

5. Lamun ngobrol sing ngareunaheun atuh lah bisi di tamasak ku oli gera.

Artinya: Kalau ngobrol yang bagus dong, aku cuci muka kamu pake oli nanti.

6. Ngopi heula atuh lur ngameh ngaburicak matana.

Artinya: Ngopi dulu, biar matanya melek.

7. Lur inget hirup mah teu bisa sagala instant. Mun haying instant ninyuh sarimi weh.

Artinya: Sobat ingat hidup itu enggak bisa instant. Kalau mau serba instant seduh mie aja.

8. Hampura moal bisa males inbox dekah keur sare.

Artinya: Maaf enggak bisa bales inbox lagi tidur.

Kata-kata Lucu Bahasa Sunda Tentang Cinta

1. Cinta sia mah palsu, paling alus oge KW super eweuh nu orisinilan.

Artinya: Cinta kamu itu palsu, paling bagus juga KW super enggak ada yang bener-bener asli.

2. Ulah patah semangat usaha teh, inget cicileun masih panyang.

Artinya: Jangan patah semangat terus berusaha, inget cicilan masih panjang.

3. Cinta aa ka neng moal leungit-leungit sanajan aa geus kawin deui.

Artinya: Cinta abang sama neng enggak akan hilang walau abang sudah kawin lagi.

4. Tong sok ngaulinkeun hate aing atuh euy da lain cocooan atuh.

Artinya: Jangan suka permainin hati aku dong, hati aku kan bukan mainan.

5. Hatiku bukanlah sangu sesa yang bisa kau remehkan.

Artinya: Hatiku bukanlah nasi sisa yang bisa kau remehkan.

6. Nyaahna aa ka neg teh jiga tukang bank keur nagih hutang (hayoh mumuntil).

Artinya: Cintaku sama kamu laksana tukang bank yang lagi nagih utang (ngikutin terus).

7. Pasti peurih sih lamun diputuskeun teh, komo deui lamun diputuskeunna sabab direbut babaturan sorangan.

Artinya: Pasti perih kalau diputusin cinta. Apalagi kalau putusnya karena direbut kawan sendiri. 8. Bobogohan jeung sia mah kalah matak rujad dompet.

Artinya: Pacaran sama kamu itu bikin rusak dompet.

9. Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut daripada laki-laki goreng milik.

Artinya: Wanita lebih memilih laki-laki dengan wajah jelek daripada laki-laki dengan rezeki yang jelek.

10. Suatu saat akan kau sadari bahwa aing adalah permata yang kau piceun.

Artinya: Suatu saat akan kau sadari bahwa gue adalah permata yang kau buang.

Menggunakan Kata-kata Lucu Bahasa Sunda untuk Motivasi

1. Sanajan urang jalma teu boga, tapi urang usaha. Daripada maneh jalma boga tapi menta ka bapa.

Artinya: Biarpun aku orang nggak punya, tapi aku usaha. Daripada kamu orang kaya, tapi minta sama bapak.

2. Jadi pamuda ulah sok meok samemeh di pacok.

Artinya: Jadi pemuda itu jangan menyerah sebelum bertarung.

3. Ulah sok ngomongkeun lamun teu bisa nyieun nu leuwih alus mah.

Artinya: Jangan banyak omong kalau tidak bisa membuat yang lebih bagus.

4. Tong eureun-eureun usaha sabab usaha tara ngabohongan hasil.

Artinya: Jangan berhenti berusaha karena usaha tidak akan membohongi hasil.

5. Tetep seuri sanajan hate nalangsa adalah ciri-ciri jalma anu hebat, kuat tur loba jerawat.

Artinya: Tetap tersenyum meskipun hatinya sedang bersedih adalah ciri-ciri dari orang yang hebat, kuat dan banyak jerawat.

6. Nu ngarana hirup mah loba cobaan. Mun loba saweran eta ngarana dangdutan.

Artinya: Yang namanya hidup mah banyak cobaannya. Kalo banyak saweran, itu namanya dangdutan.

7. Bisa teh karena biasa, urang moal bisa ngangeuskeun masalah lamun teu biasa keuna masalah.

Artinya: Bisa itu karena biasa, kita enggak akan bisa menyelesaikan masalah kalau tidak biasa kena masalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Bappenas: RI Sudah Saatnya Diversifikasi Ekspor Produk Manufaktur

Posted: 12 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro mengatakan, untuk bisa menjadikan ekspor sebagai sumber pertumbuhan ekonomi RI ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Salah satunya adalah mendorong diversifikasi produk industri untuk mengisi pasar ekspor. 

"Diversifikasi dari produk ekspor itu penting selain diversifikasi negara tujuan," kata Bambang saat ditemui di Jakarta, seperti ditulis Rabu (13/3/2019).

Bambang menuturkan, untuk bisa menggenjot pertumbuhan ekspor pemerintah juga tidak bisa hanya mengandalkan eskpor dari sumber daya alam (SDA) yang selama ini mendominasi, seperti batu bara dan kelapa sawit. Namun, perlu juga menggenjot komponen lain seperti industri manufaktur.

"Meski pun tetap harus kita dorong ekspornya (batu bara dan kelapa sawit) sudah saatnya kita melakukan diversifikasi dengan ekspor dari produk manufaktur," kata dia.

Menurut Bambang, ekspor produk manufaktur memiliki nilai tambah dan daya saing yang tinggi. Kemudian juga jelas produk manufaktur secara kompleksitas dapat berkelanjutan dan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

"Itu yang kemudian satu persatu kita harus dorong ekspor manufaktur yang memenuhi syarat tersebut," pungkasnya.

 

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Perang Dagang AS-China Tekan Ekspor Indonesia

Aktifitas kapal ekspor inpor di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (26/5). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus 1,24 miliar . (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan, dampak dari perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China 'memukul' pertumbuhan komponen ekspor di Indonesia.

Apalagi kedua negara tersebut merupakan tujuan ekspor terbedar RI selama ini. "Kalau diperhatikan ekspor kita kalau di urut negara tujuan utamanya adalah pertama Tiongkok China, Kedua Amerika Serikat. Perang dagang itu ternyata memukul betul kepada kita. Kedua negara yang perang itu, kita tidak ikut perang tapi kena imbas," kata Menko Darmin saat menjadi pembicara di Rapat Kerja Nasional Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Selasa 12 Maret 2019.

Darmin mengungkapkan, pertumbuhan ekspor Indonesia ke China pada 2018 hanya sebesar 17,7 persen.

Padahal pada tahun sebelumnya pertumbuhan ekpsor ke Negeri Tirai Bambu tersebut telah mencapai sebesar 45 persen. Angka ini menurun cukup siginifikan.

Kemudian pertumbuhan ekspor ke Amerika Serikat sendiri berada di posisi 3,6 persen pada 2018. Angka ini juga merosot bila dibandingkan posisi ekspor pada 2017 sebesar 10,9 persen.

"Lebih jelek lagi India. Ini urusan kelapa sawit. Minus 2,5 persen. Pada 2017 praktis sama dengan China sekitar 4 persen. Memang saya ingat kalau tidak ada di sini ke Jepang masih positif. Sebagai akibat ekspor 2018 melambatnya cukup signifikan," kata dia.

Seperti diketahui, perang dagang antara kedua negara tersebut bermula pada saat Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump pada awal 2018 lalu telah menetapkan tarif sekitar USD 60 miliar atau sekitar Rp 827,34 triliun atas produk China masuk ke negeri Paman Sam. Kebijakan Trump tersebut memicu perang dagang.

Sebab, tak berselang lama, keputusan tersebut langsung mendapat respons dari China. China mengumumkan daftar 106 produk asal Amerika Serikat (AS) yang dinaikkan tarif impornya. Kementerian Perdagangan China mengatakan, tarif itu dirancang untuk mengenakan tarif produk AS hingga USD 50 miliar setiap tahun.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Rencana Realme Buka Toko Resmi di Indonesia Jadi Sorotan

Posted: 12 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain meluncurkan Realme 3 di Indonesia, perusahaan asal Tiongkok itu ternyata juga memiliki rencana lain.

Hal itu diungkap oleh Marketing Director of Realme SEA, Josef Wang. Ia mengatakan, Realme berencana untuk membuka toko offline resmi di Indonesia.

Artikel kehadiran toko resmi di Tanah Air dan menjadi yang pertama di seluruh dunia ini ternyata menyedot perhatian pembaca di kanal Tekno Liputan6.com, Senin (12/3/2019).

Selain artikel tersebut, ada juga dua artikel lain yang tak kalah menarik perhatian pembaca.

Artikel yang dimaksud antara lain, yaitu sukacita warganet menyambut uji coba publik MRT Jakarta, dan Huawei kedapatan pakai hasil foto kamera DSLR untuk promosikan kemampuan P30 Pro.

Untuk lebih lengkapnya, simak ketiga artikel tersebut berikut ini.

1. Realme Bakal Buka Toko Offline di Indonesia, Jadi yang Pertama di Dunia

Realme 3. (Liputan6.com/ Agustinus M. Damar)

Realme baru saja mengumumkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Realme 3. Selain meluncurkan produk terbaru, perusahaan asal Tiongkok itu ternyata juga memiliki rencana lain.

Marketing Director of Realme SEA, Josef Wang, menuturkan pihaknya berencana untuk membuka toko offline resmi di Indonesia. Kehadiran toko resmi ini menarik karena merupakan yang pertama di seluruh dunia.

"Kami memiliki rencana membuka toko resmi sejak tahun lalu dan ini merupakan strategi global. Sebagai langkah awal, kami akan memulainya di Indonesia," tutur Josef saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Selengkapnya baca di sini

 

2. Sukacita Warganet Sambut Uji Coba Publik MRT Jakarta

Dua kereta MRT berada di stasiun Lebak bulus Jakarta, Senin (25/2). Pada 5 Maret nanti pihak Kereta MRT akan membuka pendaftaran uji coba umum. Dengan begitu, masyarakat bisa mengikuti progres pembangunan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akhirnya resmi memulai operasional terbatasnya dalam rangka uji coba publik mulai hari ini, Selasa (12/3/2019).

Uji coba publik MRT Jakarta hari pertama pun, disambut dengan sukacita oleh warga Jakarta.

Pantauan Tekno Liputan6.com, warganet yang sudah menjajal MRT bernama Ratangga ini, juga mengunggah foto dan kesan pertamanya di lini masa Twitter.

Selengkapnya baca di sini

3. Ups, Huawei Kedapatan Pakai Foto DSLR di Promosi P30 Pro

Bocoran bentuk Huawei P30 Pro. (Doc: DigitalTrends)

Huawei baru saja tersandung masalah yang cukup besar.

Menjelang peluncuran seri P30 Pro pada bulan ini, perusahaan berbagi poster yang mempromosikan sampel gambar kemampuan kamera smartphone terbarunya.

Namun kenyataanya, foto-foto yang tampil di dalam poster tersebut diambil menggunakan kamera DSLR, bukan menggunakan smartphone P30 atau P30 Pro, demikian seperti dikutip GSM Arena, Selasa (12/3/2019).

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berkut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Deretan Penjamin Tahanan Kota Ratna Sarumpaet

Posted: 12 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Terdakwa kasus hoax penganiayaan, Ratna Sarumpaet ajukan permohonan tahanan kota. Pernah ditolak, namun ia kembali ajukan permohonan dengan penjamin yang berbeda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Reino Barack Bangun Istana untuk Syahrini

Posted: 12 Mar 2019 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga pasangan Syahrini dan Reino Barack belum berhenti mencuri perhatian masyarakat. Setelah mengumumkan pernikahan, keduanya kini menjadi sorotan karena kehidupan mewahnya.

Salah satunya, soal rencana Reino Barack membangun istana megah untuk Syahrini. Pria yang menikahi Syahrini di Tokyo Camii pada 27 Februari 2019 ini sempat membocorkan konsep pembangunan istana untuk Syahrini.

"Lagi bangun (istana) sih, di suatu tempat," kata Reino Barack saat sesi jumpa pers di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Syahrini sendiri hanya tersenyum saat ditanya soal rencana suaminya itu membangun hunian mewah untuknya.

Ikut Kemauan Suami

Syahrini dan Reino Barack (Instagram/princessyahrini)

"Kita ikut sajalah. Kan kata orang happy wife happy life," Syahrini menimpali.

Syahrini tak mau ambil pusing soal keinginan Reino Barack membahagiakan dirinya. Yang terpenting, sambung dia, keberadaan Reino Barack di samping Syahrini merupakan hal yang amat disyukurinya.

 

 

Takdir Tuhan

(Adrian Putra/Bintang.com)

"Memang ditunjukannya ke Reino. Ini ketetapan Allah yang tidak bisa saya hindari," Syahrini menegaskan.

Tanggal 15 Maret, Syahrini dan Reino Barack akan berangkat ke Swiss untuk menjalani bulan madu. Keduanya juga sepakat untuk tak menunda program kehamilan.

Diketahui Reino sempat menjalani masa SMP dan SMA di Zurich, Swiss, akhir tahun 1990-an,  sebelum akhirnya kuliah di Paris, Prancis.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persaingan Toyota Fortuner Vs Mitsubishi Pajero di Bursa Mobkas

Posted: 12 Mar 2019 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran Wuling Almaz dengan banderol harga Rp318,8 juta turut meramaikan market SUV di Indonesia. Harga tersebut pun berdekatan dengan SUV bekas pabrikan Jepang, yaitu Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero lansiran 2014. 

Menurut salah satu tenaga penjual di Adira Expo BSD, saat ini persaingan di kelas SUV 7 penumpang bisa dikatakan masih dikuasai oleh Fortuner dan Pajero. Mayoritas konsumen lebih memilih kedua model tersebut dibanding model lainnya seperti Ford Everest atau Isuzu MU-X.

Tenaga penjual yang enggan disebutkan namanya tersebut juga menuturkan, "Memang untuk saat ini Fortuner masih menjadi favorit yaa dibanding Pajero. Karena menurut konsumen, Fortuner lebih mudah dan murah perawatannya karena memiliki mesin yang sama dengan Hi-Lux. Sementara untuk pilihan kedua masih dipegang oleh Pajero".

Senada dengan pernyataan tersebut, menurut salah satu tenaga penjual di bursa mobil bekas Gading Serpong juga mengatakan bahwa Fortuner dan Pajero masih menjadi opsi utama bagi konsumen yang mencari SUV 7 penumpang.

"Yaa untuk saat ini sih masih dua itu aja yaa Fortuner dan Pajero. Karena mungkin kalo dua merk itu kan konsumen sudah yakin lah yaa. Untuk Fortuner sih mayoritas pada ngambilnya yang TRD yaa," jelasnya.

 

Selanjutnya

Dirinya juga menambahkan bahwa untuk saat ini memang segmen SUV tidak terlalu banyak yang cari, konsumen cenderung lebih memilih mobil LMPV atau hatchback.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Videonya di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Fakta tentang Ledakan Bom Sibolga

Posted: 12 Mar 2019 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Sibolga - Aparat Densus 88 Antiteror Polri menangkap terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, pada Selasa, 12 Maret 2019. Namun nahas, saat penangkapan, justru terjadi ledakan di dalam rumah.

Menurut Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal, operasi penangkapan terhadap terduga teroris Sibolga itu bernama Husain alias Abu Hamzah itu dilakukan sejak sekitar pukul 14.23 WIB. Tak berselang lama, sebuah ledakan diduga bom terjadi dari dalam rumah.

"Saat akan dilakukan pengecekan awal di rumah pelaku, sekitar pukul 14.50 WIB terjadi bom meledak yang melukai petugas," ujar Iqbal melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Tak terhindarkan, bom yang meledak tersebut melukai aparat Densus 88 Antiteror Polri. Saat kejadian, warga sekitar langsung berhamburan ke luar rumah.

Berikut hal-hal tentang bom Sibolga yang meledak dan melukai petugas, dihimpun Liputan6.com:

 

1. Warga Panik dan Berhamburan

Ilustrasi ledakan bom (iStockPhoto)

Ledakan terjadi di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut). Warga sekitar pun panik atas insiden mengejutkan tersebut.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial, warga berhamburan usai suara ledakan. Mereka berlari keluar rumah dan menjauhi area yang diduga menjadi lokasi sumber ledakan.

Warga sekitar, Ani, menyebut ledakan itu diperkirakan terjadi pukul 15.30 WIB.

"Belum tahu apa ledakannya itu, tapi keras kali kami langsung keluar rumah," ujar Ani seperti dilansir dari Jawapos, Selasa, 12 Maret 2019.

 

2. Lukai Polisi

Densus 88 Antiteror Mabes Polri menggeledah rumah mertua terduga teroris Bekasi, di Ledoksari RT 8 RW 10 Pajang, Laweyan, Solo. (Fajar Abrori/Liputan6.com)

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal menyampaikan, ada petugas kepolisian yang terluka saat aparat Densus 88 Antiteror Polri melakukan upaya penangkapan terhadap terduga teroris di Sibolga, Sumatera Utara, siang tadi.

Menurut Iqbal, aparat tersebut terkena dampak ledakan dari dalam rumah terduga pelaku.

"Sekitar pukul 14.50 WIB terjadi bom meledak yang melukai petugas," tutur Iqbal.

 

3. Terkait Penangkapan Terduga Teroris di Lampung

Ilustrasi Foto Teroris (iStockphoto)

Penyergapan terduga teroris di Sibolga tersebut merupakan hasil pengembangan dari penangkapan terduga teroris di Lampung pada Sabtu, 9 Maret 2019 lalu.

"Penangkapan di Sibolga ini murni pengembangan dari penangkapan di Lampung kemarin," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal.

Iqbal mengatakan, Densus 88 Antiteror Polri telah cukup lama memantau pergerakan para terduga teroris yang disinyalisasi berafiliasi dengan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) itu.

Polisi akhirnya menangkap terduga teroris berinisial R alias Putra Syuhada di rumahnya di Lampung pada Sabtu lalu. Penangkapan itu berhasil dilakukan berkat kerja sama dari orangtuanya terduga pelaku yang tak ingin anaknya terjerumus di dunia terorisme.

"Seorang pelaku sudah ditangkap kemarin di Lampung. Densus lanjut mengembangkan ke Sibolga untuk menangkap tersangka lain jaringan Lampung tersebut," ucap Iqbal.

 

4. Tidak Terkait Pemilu 2019

Pekerja menyelesaikan pelipatan surat suara Pemilihan Umum 2019 di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, Selasa (19/2). Nantinya surat suara itu akan didistribusikan sebelum penyelenggaraan Pemilu 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penangkapan terduga teroris di Sibolga dilakukan jelang rencana kunjungan Presiden Joko Widodo ke Sibolga akhir pekan nanti.

Terkait hal itu, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, aparat keamanan telah memiliki standar operasi prosedur (SOP) dalam mengamankan Presiden dari berbagai ancaman.

"Pengamanan terhadap Presiden sudah ada SOP-nya, termasuk dari ancaman teroris," ujar Iqbal.

Namun Iqbal tidak menyebutkan, penyergapan rumah terduga teroris itu semata-mata untuk mengamankan rencana kunjungan Jokowi.

Jenderal bintang dua itu juga memastikan, penangkapan terduga teroris itu tidak ada kaitannya dengan situasi politik saat ini. Operasi itu dilakukan berdasarkan mitigasi terhadap ancaman teror yang dilakukan aparat.

"Penangkapan kasus teror di Sibolga tidak ada kaitan dengan Pemilu. Densus sudah menjejajaki kelompok ini beberapa waktu yang lalu. Seorang pelaku sudah ditangkap kemarin di Lampung," kata Iqbal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia yang Harus Diwaspadai, Kenali Jenis-Jenisnya

Posted: 12 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sistem reproduksi pada manusia rentan mengalami masalah berupa penyakit, kelainan, juga gangguan. Penyakit sistem reproduksi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, meliputi virus, bakteri, tumor atau memang karena disfungsi organ reproduksi yang disebabkan oleh zat-zat kimia yang masuk dalam tubuh.

Penyakit reproduksi adalah penyakit yang terjadi pada organ-organ reproduksi. Organ-organ reproduksi wanita meliputi sel telur, ovarium, tuba fallopi, uterus dan vagina. Organ reproduksi pria terdiri dari sperma, testis, epididimis, vas deferens, uretra, dan penis.

Penyakit reproduksi wanita sering kali juga meliputi bagian payudara. Berikut penyakit pada sistem reproduksi manusia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/3/2019).

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Wanita

Ilustrasi Foto Vagina (iStockphoto)

1. Vaginitis

Vaginitis adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita dengan kondisi vagina yang mengalami infeksi. Infeksi pada vagina disebabkan oleh beberapa jenis mikroorganisme, yaitu seperti bakteri, jamur, dan parasit.

Penyakit pada sistem reproduksi ini bisa menyerang vagina langsung atau melalui perineum. Penyakit vaginitis bisa disebabkan oleh jamur Candida Albicans, bakteri Gardnerella, parasit Trichomonas Vaginalis, dan virus.

Penderita vaginitis memiliki beberapa gejala yang bisa diamati. Beberapa gejala penyakit vaginitis seperti nyeri hebat pada vagina, disuria, pruritas di vulva, ruam bibir vagina, edema vukva, vagina bau busuk, dan perdarahan vagina.

2. Condiloma Accuminata

Condiloma Accuminata adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita yang disebabkan oleh virus yang tak asing lagi. Virus yang dimaksud adalah virus Human Papiloma.

Virus tersebut juga merupakan virus penyebab kutil. Wanita yang mengalami penyakit condiloma accuminata sebaiknya segera diobati. Hal ini dikarenakan obat condiluma accuminta bisa berkembang menjadi kanker pada organ lainnya seperti rahim wanita.

3. Kanker ovarium

Kanker ovarium juga termasuk ke dalam penyakit pada sistem reproduksi wanita. Penyakit ini berawal dari kista ovarium yang merupakan tumor jinak dan kecil di dalam rahim.

Kista ovarium yang paling sering terjadi adalah kista dermoid, kista lutein, dan kista cokelat. Tumor jinak atau kista ovarium tersebut lambat laun akan berkembang menjadi semakin besar dan ganas yang menjadi kanker ovarium.

Tumor ganas ovarium (kanker ovarium) dengan ukuran besar dapat menyebabkan kelainan letak janin. Penyebab penyakit kanker ovarium disebabkan oleh gaya hidup yang keliru, asupan, kurang olahraga, dan lainnya. Berhati-hatilah kamu jika memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur karena itu merupakan gejala dari penyakit kanker ovarium.

4. Kanker serviks

Kanker serviks adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita yang juga umum terjadi. Penyakit ini disebabkan karena adanya sel-sel abnormal yang tumbuh pada lapisan epitel serviks. Sel abnormal tersebut akan terus tumbuh dengan ganas.

Hal tersebut membuat jaringan yang ada di sekitar leher rahim jadi kurang berfungsi. Pengobatan kanker serviks umumnya dilakukan dengan mengangkat rahim, oviduk, ovarium, sepertiga dari vagina (bagian atas).

5. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu penyakit pada sistem reproduksi wanita. Meski pria juga memiliki payudara, namun penyakit yang satu ini lebih rentan menyerang wanita sebab jaringan lemak pada payudara wanita jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pria.

 

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Pria

Ilustrasi Sperma atau Sel Reproduksi Laki-laki. (iStockphoto)

6. Prostatitis

Penyakit pada sistem reproduksi pria yang umumnya sering terjadi adalah prostatitis. Prostatitis adalah penyakit pada sistem reproduksi pria di mana kelenjar prostat mengalami infeksi.

Penyebab dari prostatitis adalah bakteri. Bakteri yang menginfeksi kelenjar prostat pria adalah E. coli, Klebsiella, dan Proteus. Pria yang mengalami prostatitis akan memiliki beberapa gejala seperti sulit ejakulasi, gagal ereksi, disuria, dan demam.

7. Epididimitis

Penyakit pada sistem reproduksi pria yang disebabkan karena adanya infeksi pada organ reproduksi pria. Penyakit tersebut adalah epididimitis. Epididimitis adalah kondisi di mana bagian epididimis mengalami peradangan.

Beberapa bakteri yaitu Chlamydia trachomatis, E. coli, dan Neisseria gonorrhoeae adalah jenis bakteri yang sering menyebabkan penyakit epididimitis. Penyakit ini sering menimpa para pria yang suka berganti-ganti pasangan seks.

Ada beberapa gejala dari penyakit epididimitis, yaitu nyeri pada testis, ada darah di dalam sperma, sakit saat ejakulasi, nyeri pada testis, dan disuria.

8. Sifilis

Penyakit pada sistem reproduksi lainnya adalah sifilis. Penyakit sifilis juga biasa disebut 'raja singa'. Sifilis bisa terjadi karena aktivitas seksual. Selain itu, bisa juga karena transfusi darah. Bakteri yang menyebabkan sifilis adalah bakteri Reponema Pallium.

9. Gonorhea

Gonorhea atau kencing nanah juga merupakan penyakit reproduksi pria yang sering terjadi. Penyebab dari gonorhea adalah bakteri Neisseria Gonorrheae. Penyakit ini ditularkan melalui aktivitas seksual yang bebas dan menyimpang.

10. Hipogonadisme

Penyakit pada sistem reproduksi lainnya pada pria adalah hipogonadisme. Hipogonadisme adalah kondisi di mana testis pria tidak dapat memproduksi hormon testosteron yang cukup. Masalah ini bisa dialami sejak janin berkembang di perut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Barcelona Vs Lyon: Pembuktian Kapasitas Blaugrana

Posted: 12 Mar 2019 09:20 PM PDT

Jakarta Barcelona harus menjamu Lyon di Camp Nou pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2018/2019, Kamis (14/3/2019) dini hari WIB. Setelah bermain imbang tanpa gol di Prancis, peluang lolos masing-masing tim pun bisa dibilang masih cukup terbuka. Meski demikian, harus diakui kalau Barcelona lebih difavoritkan.

Pada leg pertama di markas Lyon, Barcelona mendominasi permainan dan unggul telak dalam hal jumlah tembakan.

Namun, Lionel Messi cs. gagal mengoptimalkan peluang-peluang yang mereka dapatkan. Lyon, yang bermain tanpa sang kapten Nabil Fekir akibat skorsing, pada akhirnya cukup puas dengan hasil tersebut dan siap habis-habisan dalam duel penentuan di Catalunya.

Kali ini, pelatih Bruno Genesio sudah bisa memainkan Fekir. Dengan begitu, dia punya opsi tambahan di lini ofensif.

Fekir pun bakal dimainkan dari menit awal, bersama Bertrand Traore dan Memphis Depay. Mereka bakal men-support Moussa Dembele, ujung tombak serangan. Hanya saja, di Camp Nou, sepertinya Lyon takkan mengambil risiko dengan main terbuka. Itu bisa membuat mereka jadi mangsa empuk Barcelona.

Gelandang Lyon, Martin Terrier melewati Sergio Busquets pada leg 1, babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di stadion Parc Olympique Lyonnais, Lyon, Rabu (20/2). Barcelona bermain imbang 0-0 kontra Lyon. (AFP/Franck Fife)

Sementara itu, Barcelona masih takkan diperkuat Thomas Vermaelen dan Rafinha yang cedera. Pelatih Ernesto Valverde juga kemungkinan harus menepikan Ousmane Dembele, yang mengalami cedera hamstring saat menang 3-1 atas Rayo Vallecano di La Liga akhir pekan kemarin dan kondisinya sangat diragukan.

Namun Barcelona sepertinya takkan terlalu cemas. Luis Suarez, yang mencetak empat gol dalam empat penampilan terakhir, berada dalam form optimal. Tak kalah penting, Messi juga berada dalam bentuk terbaiknya.

Messi, yang telah mencetak tiga gol dalam lima penampilan melawan Lyon, menyumbang satu gol dan satu assist ketika Barcelona menaklukkan Rayo di La Liga. Dia bakal jadi tumpuan utama Barcelona untuk mengunci kelolosan mereka.

Philippe Coutinho bisa mengisi posisi Dembele dalam skema 4-3-3. Coutinho belakangan ini memang dihujani kritikan akibat performanya yang di bawah standar. Meski begitu, bek Barcelona Gerard Pique percaya bahwa Coutinho pasti akan menemukan kembali permainan terbaiknya. Ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya.

Penyerang Barcelona, Lionel Messi berselebrasi dengan Jordi Alba setelah mencetak gol ke gawang Leganes pada pertandingan pekan ke-20 La Liga Spanyol, di Camp Nou, Senin (21/1). Barcelona kian kokoh di puncak klasemen usai menang 3-1 (AP/Manu Fernandez)

 

Tren Bagus Barcelona

Striker Barcelona, Lionel Messi, melakukan selebrasi bersama Jordi Alba usai mencetak gol ke gawang Girona pada laga La Liga di Stadion Montilivi, Minggu (27/1). Barcelona menang 2-0 atas Girona. (AP/Manu Fernandez)

Melihat form masing-masing tim, Barcelona lebih baik. Setelah main 0-0 di leg pertama, Lyon ditumbangkan tuan rumah AS Monaco 0-2 di liga. Lyon bisa bangkit dan meraih dua kemenangan beruntun atas Caen di Coupe de France dan Toulouse di liga, tapi kembali mengalami antiklimaks saat diimbangi Strasbourg 2-2.

Barcelona memenangi empat laga terakhirnya. Diawali kemenangan 4-2 atas Sevilla, Barcelona kemudian memenangi dua El Clasico beruntun melawan Real Madrid di Copa del Rey dan La Liga, dan terakhir menang 3-1 atas Rayo di kandang.

Barcelona terakhir kali juara Liga Champions adalah edisi 2014/2015. Musim ini, Barcelona punya peluang yang cukup bagus untuk menyabet gelar di kompetisi elite Eropa. Pasalnya, persaingan telah berkurang dengan tersingkirnya juara bertahan tiga kali Real Madrid oleh Ajax Amsterdam.

Barcelona merupakan salah satu kandidat juara. Mereka perlu membuktikan kapasitasnya dengan terlebih dahulu menyisihkan Lyon dan melangkah ke perempat final.

Komposisi Pemain

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Alba, Umtiti, Pique, Roberto; Vidal, Busquets, Rakitic; Coutinho, Suarez, Messi

Pelatih: Ernesto Valverde

Lyon (4-2-3-1): Lopes; Mendy, Denayer, Marcelo, Dubois; Aouar, NDombele; Depay, Fekir, Traore; Moussa Dembele.

Pelatih: Bruno Genesio

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Charlie Puth Produseri Lagu Baru Austin Mahone

Posted: 12 Mar 2019 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Austin Mahone kembali ke panggung musik dengan karya terbaru berjudul "Why Don't Me". Ada cerita menarik dibalik pembuatan lagu bernuansa RnB dan funk itu.

Austin Mahone menceritakan proses pembuatan lagu terbarunya saat menyapa pewarta di kantor Warner Music Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2019).

Menurutnya, lagu terbarunya berasal dari tangan dingin musisi Charlie Puth. "Lagu terbaru saya ini diproduseri dan ditulis oleh Charlie Puth. Lagu ini bercerita tentang seseorang yang harus keluar dari zona nyaman dan bersenang-senang bersama orang-orang di sekitarnya," Austin Mahone menuturkan.

Austin Mahone kemudian menjelaskan jika lagu "Why Don't Me" diracik dengan nuansa musik RnB era 1990an yang cukup kental. "Saya sudah menyelesaikan video klipnya bulan lalu. Suasananya diambil seperti suasana nostalgia tahun 1990an, RnB tahun itu," tuturnya kemudian.

 

Disukai Fans

Charlie Puth (AFP/Bintang.com)

Ia pun berharap, lagu hasil kolaborasinya dengan Charlie Puth ini bisa dinikmati oleh seluruh kalangan di kancah internasional. "Saya berharap semua orang di dunia ini suka dengan lagu saya, tidak hanya di Amerika," papar Austin Mahone.

Tak hanya dalam rangka mempromosikan lagu terbarunya, kunjungan Austin Mahone ke Indonesia pun dijadikan ajang berinteraksi langsung dengan penggemar. Setelah melakukan jumpa pers, ia lantas tampil menghibur dengan sebuah showcase sederhana.

 

Cinta dengan Penggemar Indonesia

Austin Mahone (Rivan Yuristiawan/Fimela.com)

Menurut pemuda kelahiran San Antonio, Texas tersebut, penggemarnya di Indonesia merupakan salah satu bagian terpenting dalam perjalanan kariernya sebagai seorang penyanyi.

"Ini adalah pertama kali saya ke Indonesia. Penggemar saya mendukung saya sangat luar biasa. Saya berharap bisa lebih lama di Indonesia," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jung Joon Young Bagikan Video Mesum ke Teman-Temannya

Posted: 12 Mar 2019 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi K-pop, Jung Joon Young membagikan sebuah video tentang hubungan intim yang direkam secara sembunyi-sembunyi kepada teman-temannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

28.093 Keluarga di Papua Nikmati Penerangan Pakai Lampu Surya

Posted: 12 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menerangi 28.093 rumah di tiga kabupaten kota Provinsi Papua, dengan menyerahkan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, dalam rangka memberikan akses energi bagi seluruh rakyat Indonesia, khususnya bagi masyarakat di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) yang belum menikmati aliran listrik. Kementerian ESDM membagikan 28.093 LTSHE untik masyarakat Kabupaten Ndunga, Mappi dan Intan Jaya.

"Program LTSHE ini bertujuan untuk menerangi desa-desa yang masih gelap gulita. Paket LTSHE akan dibagikan kepada penerima manfaat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN," kata Rida, dikutip dari rilis resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Rincian pembagian 28.093 unit paket LTSHE yang diserahkan pada tiga kabupaten di Provinsi Papua tersebut sebagai berikut, Kabupaten Nduga sebanyak 12.478 unit; Mappi sebanyak 1.303 unit; dan Intan Jaya sebanyak 14.312 unit.

Menurut Rida, program LTSHE ini bukan merupakan bantuan kepada masyarakat. Namun, program ini merupakan bentuk pengembalian hak rakyat. Diharapkan lampu yang diserahkan ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan dijaga penggunaannya.

Bupati Mappi Kristosimus Agawemu, mengungkapkan, permasalahan Kabupaten Mappi mungkin mirip dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Papua. Pembagian LTSHE menjadi langkah awal yang dilakukan oleh Kementerian ESDM di bidang kelistrikan.

"Melalui penyerahan LTSHE ini dapat mendorong sektor-sektor lain seperti pendidikan, kesehatan dan ekonomi agar dapat lebih maju," ujarnya. 

Menggunakan dana APBN, hingga akhir tahun 2018 telah disalurkan lampu surya gratis sebanyak 172.996 rumah di 16 provinsi. Sementara untuk tahun 2019, rencananya akan diserahkan lampu surya gratis sebanyak 98.481 rumah di daerah 3T.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Portrait Gala, Kate Middleton Mempesona dengan Gaun Lama yang Dipermak

Posted: 12 Mar 2019 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Duchess of Cambridge, Kate Middleton kembali tampil memesona walau mengenakan koleksi gaun lamanya saat menghadiri Portrait Gala di National Portrait Gallery. Gaun dari rumah busana Alexander McQueen itu pernah dipakai Kate pada 2017 lalu saat menghadiri BAFTA's Award.

Meski gaun lama, ibu tiga anak itu terlihat sangat segar. Ia menambahkan lengan pada gaun tersebut sehingga terkesan baru. Permak yang dilakukan seolah dicocokkan dengan tema proyek galeri yang dikunjunginya malam itu.

Dalam keterangan tertulis di akun Instagram @kensingtonroyal disebutkan, tema acara gala malam itu adalah Inspiring People: Transforming Our National Portrait Gallery. Tema tersebut merupakan sebuah proyek untuk memperbaiki bangunan galeri secara signifikan.

"The Duchess met members of the Gallery's Youth Forum and learning team, finding out more about the Inspiring People project. (Duchess bertemu dengan anggota Gallery's Youth Forum dan tim pembelajar untuk mencari tahu lebih tentang proyek Inspiring People)," tulis akun tersebut.

Dalam laman People.com, proyek Inspiring People akan menjangkau banyak pihak secara national, termasuk program sekolah yang mengajarkan sejarah dan seni. Kedua hal itu menjadi mata pelajaran itu sangat dekat dengan Kate yang pernah mengambil mata kuliah serupa saat bersekolah di St. Andrews.

 

Kate Middleton pakai ulang coat dress dari 2014.

Sekolah tersebut menjadi tempat ia bertemu dan jatuh cinta dengan Pangeran William. Di samping itu, Kate juga ditunjuk menjadi pelindung National Portrait Gallery sejak beberapa tahun terakhir.

Penampilan Kate yang mendaur ulang busana lama bukan yang pertama pada minggu ini. Sebelumnya, ia mengenakan mantel merah bergaya militer saat menghadiri Commonwealth Day bersama Ratu Elizabeth dan sederet anggota kerajaan lainnya pada Selasa, 12 Maret 2019.

Mantel tersebut pernah dikenakannya saat berkunjung ke Selandia Baru pada 2014 lalu. Saat itu, ia baru saja turun dari pesawat sambil menggendong Pangeran George yang masih bayi.

Untuk menyegarkan penampilan, Kate mengubah tatanan rambutnya menjadi up do dengan fascinator warna senada. Dengan gaya tersebut, ia terlibat lebih formal untuk menghadiri acara penting bagi Kerajaan Inggris dan persemakmurannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bom Bunuh Diri di Sibolga, Warga Diungsikan dan Anak-Anak Menangis

Posted: 12 Mar 2019 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pascakejadian ledakan bom, puluhan warga yang bermukim di sekitar Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Sibolga, Sumatera Utara, diungsikan sementara. Hal itu guna keamanan warga sekitar.

"Ini kami sedang mengungsi di Dinas Sosial yang berada di Jalan Pasar Inpres Sibolga," terang seorang warga bermarga Tanjung, seperti dilansir dari New Tapanuli (Jawa Pos Group) Rabu (13/3/2019).

Ia sendiri mengaku tidak berada di sekitar lokasi saat penggerebekan teroris. Namun begitu mendapat informasi adanya ledakan keras di gang tempatnya tinggal selama ini, Tanjung langsung pulang ke rumah.

"Tadi saya sedang bekerja dan langsung pulang begitu dapat informasi dari keluarga. Setelah itu kami mengungsi," jelas dia.

Menurutnya, ada sekitar 50-an warga yang diungsikan dari lokasi. "Kan kata petugas, radius 200-300 meter dari lokasi harus disterilkan atau dikosongkan sementara. Makanya kita dan warga lain ikut mengungsi. Soalnya rumah saya sekitar 200 meter dari lokasi ledakan," ujarnya.

Seorang anak berinisial NAT kepada New Tapanuli mengaku kaget mendengar suara bom. "Saat itu kami sedang mengaji di Masjid Al-Mukhlisin. Tiba-tiba kami dengar suara meledak. Kuat sekali suaranya," terangnya.

Simak berita Jawapos lainnya di sini.

Anak-Anak Menangis

Lanjut anak berusia 11 tahun ini, ia dan teman-temannya berlarian keluar dari masjid. "Ada kawanku yang menangis, kami semua jantungan mendengarnya. Kulihat juga ada bapak-bapak yang terluka tadi," ujarnya.

Menurutnya, korban akibat kejadian langsung dilarikan ke rumah sakit menggunakan becak bermotor. "Kulihat dia (korban) berdarah-darah dan dilarikan ke rumah sakit. Setelah itu baru berdatangan ambulans," kata NAT.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Gantungan Kunci dari Kain Flanel, Mudah dan Bisa Berkreasi Sesuka Hati

Posted: 12 Mar 2019 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak pilihan yang bisa diberikan kepada sahabat atau orang terkasih saat mereka sedang berulang tahun. Kamu bisa memberi jam, buku, boneka, coklat atau bucket bunga. Tapi kalau kamu rasa hadiah tersebut sudah membosankan, maka tidak ada salahnya untuk membuat hadiahmu sendiri. Tentu rasanya berbeda ketika kamu mengatakan bahwa hadiah tersebut adalah hasil karyamu sendiri.

Kamu bisa membuat sesuatu dari kain flanel. Kain flanel masih menjadi kreasi yang populer hingga saat ini. Dari kain flanel bisa menjadi bermacam-macam kreasi seperti boneka, dompet, sarung hape dan masih banyak lagi.

Kamu pun bisa membuat sesuatu yang unik dan kreatif dari kain flanel. seperti gantungan kunci. Kain flanel merupakan bahan yang tepat untuk membuat gantungan kunci yang cantik dan menarik. Kamu bisa membuat pola dan desain sendiri untuk mendapatkan gantungan kunci sesuai keinginanmu.

Nah, bagaimana cara membuat gantungan kunci dari kain flannel? Tidak usah khawatir, pada artikel kali ini akan membahas cara membuat gantungan kunci dari kain flannel yang bisa langsung kamu praktikan di rumah. Kamu juga bisa membagikan cara membuat gantungan kunci dari kain flanel kepada temanmu yang ingin berkreasi juga.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (27/2/2019) cara membuat gantungan kunci dari kain flanel yang bisa kamu buat sendiri.

Meskipun gantungan kunci terlihat kecil dan sepele tetapi gantungan kunci cukup membantu loh. Misalnya, untuk membedakan kunci yang telah dimiliki antara satu kunci dengan kunci lainnya. Sebelum mengetahui cara membuat gantungan kunci dari kain flanel, terlebih dahulu mengetahui flanel itu sendiri.

Kain Flanel

Flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun, dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis. Kain flanel mudah dijumpai di pasaran, dengan harga yang relatif terjangkau. Kain ini memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam.Kelebihan dari kain ini adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti kain yang lain..

Secara umum terdapat 2 tipe kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda.

Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal. Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya.

Sebelum membuat gantungan kunci, kamu perlu menyiapkan peralatannya terlebih dahulu. Beberapa alat yang dibutuhkan antara lain sebagai berikut:

1. Kain flanel sesuai dengan warna yang kamu inginkan

2. Pensil/Bolpoin/Spidol

3. Gunting atau cutter

4. Lem tembak

5. Gantungan kunci polos

6. Dacron

7. Manik-manik (bila perlu)

Cara membuat gantungan kunci dari kain flanel

cara membuat gantungan kunci dari kain flanel (sumber: iStock)

1. Gambar pola gantungan yang kamu inginkan

Dengan bantuan pensil atau spidol kamu bisa membuat pola gantungan yang kamu inginkan. Kamu bisa membentuk huruf, bentuk hati ataupun bentuk lainnya di atas kain flanel yang telah kamu pilih. Jangan gambar terlalu tebal, kamu bisa membuat pola tersebut secara tips saja dengan bayangan sketsa selebar 1-2 cm sebagai tempat untuk menjahit nanti.

2. Gunting pola tersebut

Sesudah sketsanya jadi, gunting kain flanel tersebut dan lakukan hal yang sama ke sisi kain flanel lainnya. Kini, kamu memeliki dua bentuk flanel yang sama dengan pola flanel awalmu yang tadi. Kamu bisa memadukan warnanya jika kamu tidak ingin hanya satu warna saja.

3. Gabungkan dua lembar flanel dan jahit

Di tanganmu saat ini sudah ada dua lembar flanel yang sesuai dengan pola yang kamu inginkan. Langkah selanjutnya ialah gabungkan kedua lembar tersebut dan jahitlah beberapa sisinya terlebih dahulu. Mulailah menjahit dari sisi bawah dan samping, biarkan sisi atasnya terbuka, karena bagian atas nanti untuk memasukkan dacron agar gantungan kunci nampak berisi.

Langkah Akhir Cara Membuat Gantungan Kunci

4. Isi dengan dracon dan jahit

Tidak mau kan jika gantungan kunci hasil karyamu terlihat tidak rapi dan berisi. Nah, isilah dua lembar flanel yang sudah dijahit tadi dengan dracon. Pastikan kamu memasukkan dracon dalam jumlah yang sesuai, tidak terlalu penuh dan tidak terlalu kosong. Karena nantinya akan berpengaruh dengan hasil akhir gantungan kunci buatanmu

Jika dirasa sudah cukup, maka jahit bagian yang masih terbuka agar dracon tidak keluar. Nah, kini flanelmu nampak seperti bantal dengan ukuran yang mini bukan?

5. Berikan hiasan untuk mempercantik

Kamu bisa memberikan hiasan seperti manik-manik untuk mempercantik gantungan kuncimu.Kamu bisa menempel pernak-pernik tersebut dengan lem tembak atau menjahitnya. Namun, jika dirasa kamu tidak menginginkannya, kamu bisa melewati langkah ini.

6. Pasang gantungan kunci

Setelah mengikuti lima langkah di atas, saatnya kamu memasang gantungan kunci yang tersedia. Kamu bisa menggunakan lem tembak untuk memasang gantungan kunci ini atau menjahitnya. Pastikan menempel secara kuat ya. Nah, selesai, gantungan kunci hasil karyamu telah siap diberikan pada orang terkasih.

Artikel di atas adalah cara membuat gantungan kunci dari kain flanel. Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sri Mulyani Beri Penghargaan ke 6 Pengusaha RI yang Taat Pajak

Posted: 12 Mar 2019 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Keuangan melalui Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wajib Pajak Besar hari ini memberikan apresiasi dan penghargaan kepada 30 Wajib Pajak (WP) yang dianggap berkontribusi besar dan patuh terhadap peraturan perpajakan. Dari 30 wajib pajak tersebut, terdapat enam pengusaha yang masuk dalam kategori WP Orang Pribadi. 

Salah satu pengusaha yang memperoleh penghargaan adalah Founder & Chairman PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (Emtek), Eddy Kusnadi Sariaatmadja. Ini merupakan tahun kedua, founder Emtek Group menerima penghargaan tersebut.

Selain Eddy, pengusaha lain yang memperoleh penghargaan serupa yaitu Pendiri Triputra Group Rachmat Theodore Permadi, Pemilik Medco Group Arifin Panigoro, Presiden Komisaris Pakuwon Group ‎Alexander Tedja, Pendiri Optik Melawai Budi Purnomo Hadisurjo dan Presiden Direktur Adaro Energy ‎Garibaldi Thohir.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati di aula Sinergi l Gedung Dr.K.R.T Radjiman Wedyodiningrat lantai 2, Jalan Jenderal Sudirman Kav.56, Jakarta.

"Terima kasih bahwa kita hari ini diberikan kesempatan menyampaikan rasa penghargaan dari Kemenkeu kepada pembayar pajak di Kantor Wilayah Pajak Besar di Indonesia yang merupakan pembayar pajak prominent atau memiliki peran signifikan," jelas Sri Mulyani, Rabu (13/3/2019).

"Pembayar pajak bapak ibu sekalian menyumbang 31 persen keseluruhan penerimaan pajak di Indoensia. Jadi ini kantor sangat penting," tambahnya.

Saat memberikan penghargaan, Sri Mulyani didampingi oleh Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan, Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara, dan Kepala Kanwil DJP Wajib Pajak Besar Mekar Satria Utama dan Kepala KPP terkait.

"Jadi penghargaan dan apresiasi ini diberikan atas kontribusi yang signifikan dan juga koordinasi yang baik atas pelaporan pajaknya," kata Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan.

Sebagai penerima penghargaan, Eddy mengatakan bahwa apresiasi yang diberikan oleh Kementerian Keuangan ini akan membuat ia semakin rajin mensosialisasikan pentingnya membayar pajak.

"Saya rasa membayar pajak itu bukan hanya kewajiban tapi juga sebetulnya sebagai warga negara ini menjadi kehormatan dimana kita ikut berpartisipasi dalam membangun negeri," ungkap dia.

Apresiasi dan penghargaan wajib pajak Kanwil DJP Wajib Pajak Besar tahun 2019 ini mengambil tema 'Sinergi Wujud Cinta Negeri', yang menggambarkan pentingnya sinergi antara wajib pajak dan DJP sebagai mitra untuk bersama-sama membangun bangsa dan merupakan manifestasi kecintaan kita terhadap negeri. 

Adapun 30 wajib pajak yang menerima penghargaan, terdiri dari 6 wajib pajak badan dari masing-masing KPP wajib Pajak Besar Satu, KPP Wajib Pajak Besar Dua, KPP Wajib Pajak Besar Tiga, dan KPP Wajib Pajak Besar Empat, serta 6 wajib pajak Orang Pribadi dari KPP Wajib Pajak Besar Empat. 

Penghargaan juga diberikan dengan pertimbangan wajib pajak yang patuh terhadap peraturan perpajakan serta responsif dalam memenuhi permintaan data sehubungan dengan penggalian potensi di KPP masing-masing. 

Selain itu, apresiasi diberikan sehubungan dengan sinergi dan dukungan wajib pajak terhadap program-program DJP seperti integrasi data dan pertukaran data wajib pajak di tahun 2018; lnklusi Kesadaran Pajak; dan sosialisasi peraturan-peraturan pajak terbaru. 

Pada 2018, realisasi penerimaan pajak Kanwil DJP Wajib Pajak Besar mencapai Rp 418,73 triliun. Pada 2019 ini, target penerimaan mencapai Rp 498 triliun, atau tumbuh 19 persen dibanding realisasi tahun 2018. Jumlah tersebut mendukung 31,57 persen target nasional, yaitu sebesar Rp 1.577,56 triliun. 

 

Wajib Pajak Penerima Penghargaan

Pemohon pajak mengantri untuk mengikuti program Tex amnesty di kantor Ditjen Pajak, Jakarta, Jumat (31/3). Hari ini merupakan hari terakhir program pengampunan pajak atau tax amnesty dan akan di tutup pada pukul 00:00. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut adalah daftar wajib pajak yang menerima penghargaan dari Kanwil DJP Wajib Pajak Besar: 

 

Wajib Pajak Perorangan 

1. Raden Eddy Kusnadi Sariaatmadja 

2. Rachmat Theodore Permadi

3. Arifin Panigoro 

4. Alexander Tedja 

5. Budi Purnomo Hadisurjo 

6. Garibaldi Thohir 

 

Wajib Pajak Badan

1. PT Adaro Indonesia

2. PT Astra Daihatsu Motor

3. PT Astra Honda Motor 

4. PT Bio Farma (Persero)

5. PT Bukit Asam Tbk

6. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk 

7. PT Bank BNI (Persero) Tbk 

8. PT Bank BRl (Persero) Tbk 

9. PT Bank Central Asia Tbk. 

10. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk 

11. PT Freeport Indonesia 

12. PT Honda Prospect Motor

13. PT Kaltim Prima Coal

14. PT Kideco Jaya Agung

15. PT Pembangunan Perumahan

16. PT Pelabuhan Indonesia lll (Persero) 

17. PT Pertamina (Persero) 

18. PT Petrokimia Gresik 

19. PT PLN (Persero) 

20. PT Perusahaan Gas Negara Tbk

21. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk 

22. PT Toyota Astra Motor 

23. PT Unilever Indonesia Tbk 

24. PT United Tractors Tbk

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Temukan Bukti Ledakan Dahsyat dari Matahari, Ini Penjelasannya

Posted: 12 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ilmuwan dunia telah menemukan bukti adanya ledakan besar radiasi dari matahari yang menghantam Bumi. Fenomena itu terjadi lebih dari 2.000 tahun yang lalu, tepatnya 660 Sebelum Masehi (SM).

Bukti ditemukan di inti es Greenland, di mana berdasarkan analisis ilmiah diketahui bahwa partikel proton telah membombardir bumi di sekitar tahun yang telah disebutkan. Tragedi itu adalah ledakan radiasi terbesar yang pernah tercatat oleh alat modern.

Bukti yang ditemukan oleh para ilmuwan adalah berupa isotop radioaktif, yakni beryllium-10 dan chlorine-36. Kedua jenis unsur dipercaya berasal dari angkasa luar.

Raimund Muscheler, seorang profesor departemen geologi dari Lund University, Swedia, yang menjadi bagian dari tim penulis Journal Proceedings of the National Academy of Science (PNAS), membahas ledakan radiasi ini; mengatakan bahwa peristiwa ledakan mengandung partikel matahari berenergi tinggi.

"Itu peristiwa partikel matahari berenergi tinggi, atau peristiwa (menghantamnya) proton matahari. Itu partikel yang berenergi tinggi yang secara langsung mengenai Bumi kemudian menghasilkan partikel yang kita teliti," kata Muscheler, mengutip BBC News pada Rabu (13/3/2019).

Profesor Muscheler juga terlibat dalam penelitian di inti es dan situs "cincin pohon" (tree rings) di Greenland, untuk mengonfirmasi terjadinya dua badai matahari besar lainnya. Para ilmuwan menemukan isotop carbon-14 di situs tersebut, dan memastikan bahwa peristiwa serupa terjadi pada 775 dan 994 M, sebagaimana dikutip dari laman earth.com -sebagian sumber lain hanya menyebutkan satu peristiwa yakni 774-775.

"Peristiwa yang terjadi pada kedua tahun tersebut kira-kira berukuran sama. Ada ketidakpastian, namun terlihat hampir sama," kata Muscheler.

Meskipun badai matahari besar tersebut jarang terjadi, penelitian barunya menunjukkan bahwa peristiwa tersebut merupakan efek berulang dari aktivitas matahari.

"Berkaitan dengan hal ini juga terdapat partikel energi yang lebih rendah yang biasanya datang dalam 1-4 hari ke bumi. Hal itu menghasilkan badai geometrik," lanjutnya.

 

Simak pula video pilihan berikut:

 

[vidio:Video Badai Matahari Nasa]()

Dampak Ledakan Besar Radiasi

Ilustrasi badai Matahari (NASA's Goddard Space Flight Center/Genna Duberstein).

Partikel proton yang tercatat di Greenland disebut dengan Solar Proton Event (SPE). Jika SPE tersebut terjadi di era sekarang, maka dapat mematikan alat-alat elektronik di satelit yang kita andalkan untuk layanan komunikasi dan informasi, misalnya GPS.

Radiasi besar dari matahari juga berpotensi membahayakan kesehatan para antariksawan dan pekerja profesional aviasi. Di antaranya adalah astronot, serta pilot dan awak pesawat komersial yang melakukan penerbangan dekat dengan kutub seperti rute transatlantik.

Jenis radiasi yang lain bahkan mampu memicu aurora di atmosfer, yang memiliki dampak buruk yakni mematikan jaringan listrik.

SPE yang terjadi pada 660 SM diperkirakan tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap makhluk hidup saat itu. Efek dari radiasi besar tersebut, yang paling mungkin adalah terjadinya aurora di pada wilayah garis lintang rendah (dekat kutub), akibat adanya badai geomagnetik.

Jika menilik sejarah, 660 SM merujuk pada Zaman Besi di Eropa dan Timur Tengah, sebelum adanya Imperium Romawi yang tercatat baru bermula pada 27 SM. Adapun pemimpin terkenal yang hidup di masa ledakan terbesar itu adalah Kaisar Jimmu, kaisar pertama Jepang.

Saat ini, ilmuwan tengah berfokus meneliti seberapa umum dan sering kejadian ekstrem tersebut. Hal itu akan berguna untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya badai matahari besar di masa yang akan datang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bernostalgia Lewat Segelas Kafe Yen

Posted: 12 Mar 2019 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Kafe Yen bukan nama kafe atau tempat nongkrong. Ini adalah sebuah nama menu kopi susu yang sudah lebih dari 15 tahun mengukuhkan keberadaannya di Yogyakarta.

Jangan dibayangkan bentuknya seperti kopi susu tubruk kebanyakan. Jauh sebelum maraknya kedai kopi yang mengusung espresso based berkembang di Yogyakarta, menu ini sudah ada dan mencuri lidah penikmat kopi.

Sepintas warnanya serupa kopi susu instan, tapi jangan terburu-buru menganggap rasanya sama dengan kopi susu yang lain. Aroma dan cita rasa espresso berpadu dengan susu murni dan krim kental manis, lalu ditambah es batu membuat dahaga hilang dan lidah terpuaskan.

Pintaka Yuwana meracik menu eksperimen ini pada 2003, ketika ia menjadi barista Rumah Kopi Babarsari Sleman. Ketika itu, kopi susu ala Vietnam seperti ini belum dikenal di Yogyakarta.

Alhasil, Kafe Yen yang kala itu diberi harga Rp 6.000 per gelas menjadi menu unggulan yang banyak dipesan pengunjung kedai kopinya. Tidak butuh waktu lama bagi Om Koko, sapaan akrabnya, untuk menemukan komposisi ini.

"Cuma butuh satu hari saja dan langsung orang-orang di sekitar saya suruh mencicipi," ucapnya beberapa waktu lalu.

Sekalipun Rumah Kopi sudah tutup, Kafe Yen tidak hilang dari peredaran. Om Koko yang membuka kedai kopi sendiri tetap menyajikan Kafe Yen sebagai menu andalannya.

Saat ini Kafe Yen bisa dinikmati di Prada Kotabaru yang buka mulai pukul 10.00 sampai 23.00 WIB. Segelas Kafe Yen yang menyegarkan dan memanjakan lidah penikmat kopi dibanderol harga Rp 25.000.

Menu Nostalgia

Segelas Kafe Yen di Prada Kotabaru membangkitkan nostalgia zaman kuliah di Yogyakarta (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Kafe Yen seringkali dianggap sebagai segelas kopi susu yang sarat nostalgia. Bagaimana tidak, jika penikmat kopi ini rata-rata sekarang sudah berusia di atas 30 tahun dan menu ini mengingatkan mereka saat masih duduk di bangku kuliah awal.

"Kebanyakan mereka juga sudah keluar dari Yogyakarta untuk bekerja atau kembali ke kampung halamannya," kata Om Koko.

Jadi, ketika mereka datang ke Yogyakarta dan memesan segelas Kafe Yen, kenangan di kedai kopi saat awal kuliah kembali bergejolak. Terlebih, saat itu kedai kopi belum marak seperti sekarang ini.

Nilai nostalgia ini yang selalu dihadirkan oleh Kafe Yen. Untuk pengunjung yang baru merasakan Kafe Yen, mungkin nilai itu tidak begitu terasa.

Namun, tidak perlu khawatir Kafe Yen akan menjadi minuman yang biasa-biasa saja. Kekuatan Kafe Yen terletak di kekentalan dan pekatnya kopi yang pas ketika bersentuhan dengan lidah.

Menu serupa memang mulai bermunculan, tetapi Kafe Yen tetap menjadi pelopor kopi susu berbasis espresso pertama di Yogyakarta.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Trash Challenge, Tren Kekinian yang Patut Kamu Tiru

Posted: 12 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kalian pengguna media sosial, tentu tahu beberapa tahun ini tengah banyak berbagai tren challenge yang menjadi viral. Sebut saja Kiki Challenge, Falling Stars Challenge, hingga yang baru-baru ini hits 10 Years Challenge.

Tak sedikit pula tantangan yang menuai kontra warganet lantaran dianggap membahayakan nyawa seperti Ice Bucket dan juga Momo Challenge. Namun, baru-baru ini sedang viral tantangan yang nyatanya sangat baik dan dianjurkan untuk dilakukan semua orang.

Tren itu ialah Trash Challenge, yang mana menantang kita untuk membersihkan lingkungan yang dipenuhi dengan sampah. Trash Challenge ini viral setelah seorang pengguna Facebook mengunggah dua foto sebelum dan sesudah membersihkan sampah.

Foto pertama pria ini terlihat sedang duduk di tumpukan sampah. Sementara pada foto kedua terlihat sampah yang ada di sekeliling pria itu sudah bersih dan dimasukkan ke plastik sampah. Mulai saat itulah banyak warganet yang turut melakukan tren ini dan mengunggahnya di media sosial. Lantas seperti apa sih potret Trash Challenge ini?

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Foto ini yang pertama kali membuat Trash Challenge viral

trash challenge (foto: thkt.vn)

Sejak foto itu beredar, warganet lain mulai melakukannya juga

trash challenge (foto: Facebook/Ye Khaing Oo)

Terlihat jelas ya perbedaannya

trash challenge (foto: thkt.vn)

Kalian juga bisa melakukannya bersama-sama lo

trash challenge (foto: thkt.vn)

Benar-benar tren yang patut dicontoh ya

trash challenge (foto: thkt.vn)

Kalian bisa memulainya dari sekitar rumah

trash challenge (foto: thkt.vn)

Bagaimana, apa kalian tertarik melakukannya?

trash challenge (foto: thkt.vn)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menteri Bambang Ingin Bisnis E-Commerce Menyasar ke Luar Jawa

Posted: 12 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Brodjonegoro, mengungkapkan bahwa transaksi perdagangan elektronik atau e-commerce saat ini sebagian besar masih bertumpu di area Jabodetabek. Padahal, untuk pemerataan ekonomi harusnya pertumbuhan itu bisa dirasakan diluar Pulau Jawa.

"Jadi, salah satu misi baik seller maupun visitor bagaimana caranya bagaimana e-commerce juga berkembang di luar Jawa. Juga mendorong kota-kota tier 2 tier 3, sampai tier 4 yang kebanyakan di luar Jawa," kata Bambang saat ditemui di Jakarta, seperti ditulis Rabu (13/3/2019).

Bambang mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) orang yang mencari barang atau konsumen 70 persen berada di sekitar area Jabodetabek. Kemudian unique sellers atau penjualan unik juga 80 persen masih terjadi di daerah tersebut.

"Jangan sampai e-commerce booming, unicorn makin banyak tapi semua di Jakarta. Itu Akan membuat sulit menciptakan pemerataan antar wilayah, kita sudah payah membuat kesenjangan antar wilayah tidak makin lebar," katanya.

Bambang menambahkan, keberadaan e-commerce seharusnya dapat membantu pemerataan di wilayah-wilayah luar Jawa. Sehingga tidak terjadi ketimpangan secara signifikan antar wilayah.

"Dengan perdagangan barang yang sifatnya ritel, sekarang ada e-commerce, tolong bantu kami juga supaya kesenjangan tidak semakin lebar karena e-commerce," pungkasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Transaksi E-commerce Naik Rp 13 Triliun Tiap Bulan

Ilustrasi e-Commerce (iStockPhoto)

Sebelumnya, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Mirza Adityaswara mengatakan sektor ekonomi digital, khususnya e-commerce terus tumbuh dari waktu ke waktu.

Berdasarkan data yang dihimpun BI, terjadi peningkatan signifikan pada nilai transaksi e-commerce. Transaksi di platform e-commerce mencapai hingga Rp 13 triliun per bulan.

"Kalau sekarang kita lihat aktifitas sektor real yang sudah lewat digital ekonomi ini kelihatan meningkat," kata dia, di Museum Bank Indonesia, Jakarta, pada Jumat 3 Januari 2019. 

"Misalnya data transaksi e-commerce yang diperoleh BI, itu menunjukkan peningkatan melalui e-commerce itu paling tidak yang BI capture sekarang setiap bulan itu sekitar Rp 11 triliun sampe Rp 13 triliun per bulan. Kalau setahun kan bisa Rp 140-an triliun," lanjut Mirza.

Dia mengakui jika dibandingkan dengan total transaksi sektor riil, maka transaksi e-commercememang belum terlalu besar. Namun, pertumbuhan transaksi di platform e-commerce sangat signifikan.

"Memang kalau dibandingkan keseluruhan transaksi sektor ritel tentu masih kecil tapi kalau kita lihat pertumbuhannya, pertumbuhannya itu sudah 100 persen sampai 150 persen yoy. Jadi misalnya Januari over Januari, Desember over Desember," tandasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Syifa Hadju Kaget Seungri Bigbang Mundur dari Industri K-Pop

Posted: 12 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seungri Bigbang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penyediaan prostitusi. Seungri juga masuk dalam grup chat bersama Jung Joon Young di mana mereka dan teman-teman lainnya saling berbagi konten video panas yang diambil secara ilegal.

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Seungri pun mengumumkan mundur dari dunia hiburan. Kasus yang menimpa Seungri ini juga ramai dibahas di kalangan pecinta K-Pop di Indonesia.

Termasuk di beberapa artis yang selama ini dikenal suka dengan idola-idola dari Korea Selatan itu. Salah satunya adalah Syifa Hadju. Apa pendapat Syifa mendengar kabar soal Seungri ini?

"Aku cukup sedih juga sih. Di luar benar atau tidaknya, salah di mananya, tapi aku sangat menyayangkan mundurnya dia sebagai seorang entertainer," kata Syifa Hadju saat ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Selasa (13/3/2019).

 

 

Legenda K-Pop

Syifa Hadju (Nurwahyunan/Fimela.com)

Sudah cukup lama mencintai K-Pop, Syifa Hadju pun sedikit banyak tahu sepak terjang Seungri di dunia hiburan. Ia pun lagi-lagi merasa sedih dengan keputusan Seungri mundur dari entertainment Korea. 

"Bisa dibilang dia salah satu legend ya di dunia K-Pop, dan aku salah satu yang mengikuti, dan aku tahu mereka dari dulu. Seungri dan Bigbang adalah salah satu ikon K-Pop, maka aku menyayangkan dia harus mundur karena dia telah mengeluarkan karya-karya yang luar biasa," kata Syifa Hadju.

 

Baik dengan Penggemar

Seungri BigBang (Foto: instagram.com/seungriseyo)

Seungri kini banyak dihujat, baik oleh publik Korea, warganet, hingga para penggemar K-Pop. Yang membuat Syifa Hadju sedih adalah baginya sosok member termuda di Bigbang itu selama ini baik dengan para penggemarnya. 

"Aku nggak melihat Seungri sebagai orang yang gimana-gimana, tapi aku tetap melihat Seungri sebagai orang yang punya fans, baik sama fans, karyanya positif, dan sedih aja," pungkas Syifa Hadju. (Kapanlagi.com/  Adi Abbas Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Negara di Eropa hingga Asia Kandangkan Pesawat 737 Max, Saham Boeing Kembali Merosot

Posted: 12 Mar 2019 09:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Saham Boeing kembali tertekan di bursa saham New York, Amerika Serikat pada perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB).

Mengutip data Bloomberg, Rabu (13/3/2019), saham Boeing merosot 6,15 persen ke posisi USD 375,41.

Pada penutupan perdagangan saham Senin waktu setempat, saham Boeing turun 5,3 persen ke posisi USD 400,01 usai kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines di Addis Ababa, Ethiopia yang menewaskan 157 penumpang dan kru.

Awal perdagangan saham Senin waktu setempat, saham Boeing sempat anjlok hingga 11 persen. Dengan saham Boeing kembali turun pada perdagangan Selasa waktu setempat, saham Boeing alami penurunan terbesar dalam dua hari sejak Juni 2009.

Mengutip laman Reuters,  saham Boeing Co terpukul lagi usai sejumlah negara memutuskan menghentikan sementara operasional pesawat Boeing 737 Max 8. Hal ini merespons kecelakaan pesawat di Ethiopia.

Inggris dan Uni Eropa bergabung dengan China, Malaysia, Singapura, Australia dan negara-negara lain untuk menghentikan sementara operasional pesawat 737 Max 8. Hal itu juga menekan saham Boeing yang termasuk salah satu saham berkinerja terbaik di indeks Dow Jones pada 2019.

Pada perdagangan Selasa waktu setempat, sejumlah saham maskapai AS juga bergerak melemah dengan indeks saham S&P 500 sektor penerbangan turun 1,5 persen. Saham Southwest Airlines Co dan American Airlines Group Co terpangkas dua persen.

Berdasarkan data Refinitiv, tujuh dari 24 analis yang cover saham Boeing mereview peringkat saham Boeing dalam dua hari. Adapun hingga kini, ada dua penurunan peringkat dan satu menargetkan memangkas harga saham Boeing.

Adapun DZ Bank, menjadi broker pertama yang menempatkan rekomendasi jual saham Boeing dengan target harga USD 333.

Selain itu, pialang Edward Jones menurunkan peringkat saham untuk hold dari membeli dengan pertimbangan kecelakaan dapat mengakibatkan biaya tambahan, beberapa keterlambatan pesanan dan menekan kinerja keuangan.

Pesawat Boeing 737 termasuk pesawat komersial paling banyak terjual di dunia, dan merupakan masa depan Boeing. Pesawat Boeing seri Max menjadi pesawat jet dengan penjualan tercepat dalam sejarah dengan pesanan lebih dari 5.000 .

Kecelakaan pesawat maskapai Ethiopian Airlines pada Minggu 10 Maret 2019 membebani Boeing. Produsen pesawat asal Seattle, AS itu pun menerapkan perubahan desain pada April.

 

AS Semakin Ditekan untuk Kandangkan Boeing 737 Max 8

Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air (foto: Camelia)

Sebelumnya, Boeing dan otoritas penerbangan Amerika Serikat (AS) semakin ditekan untuk kandangkan pesawat seri 737 MAX, di mana Uni Eropa dan banyak negara lain menghentikan operasional burung besi tersebut pasca-tragedi jatuhnya Ethiopian Airlines pada Minggu 10 Maret.

Regulator, maskapai penerbangan, dan pabrikan AS semakin terisolasi dalam menjaga agar pesawat itu aman. Pada hari Selasa, Boeing menegaskan kembali keyakinannya bahwa 737 MAX memiliki "kepercayaan penuh" pada keselamatannya, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Rabu 13 Maret 2019.

Tetapi reaksi global terhadap kecelakaan fatal Ethiopian Airlines ET 302, yang menewaskan seluruh 157 orang di dalamnya, menambah tekanan pada Boeing dan Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) untuk bertindak.

Setidaknya 27 maskapai telah menerbangkan MAX, dan lebih dari setengah dari 350 pesawat yang beroperasi saat ini ditangguhkan sementara operasional.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Boeing mengatakan: "Kami memahami bahwa badan pengawas dan pelanggan telah membuat keputusan yang mereka yakini paling tepat untuk pasar domestik mereka. Kami akan terus terlibat memastikan mereka memiliki informasi yang diperlukan, guna memiliki kepercayaan diri dalam mengoperasikan armada mereka."

Boeing berencana untuk memperbarui perangkat lunak MAX dan mengubah kontrol penerbangan serta panduan pelatihan.

Saat ini, tercatat hampir 40 persen dari total pemesanan 371 unit Boeing 737 MAX telah diterbangkan secara global, lapor publikasi industri Flightglobal, termasuk 97 pesawat di pasar terbesar di dunia, China.

Negeri Tirai Bambu sendiri menjadi negara pertama yang menghentikan sementara seluruh operasional Boeing 737 MAX, sehari setelah Ethiopian Airlines jatuh beberapa saat pasca-lepas landas dari Bandara Internasional Bole di Addis Ababa, Ethiopia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: