Minggu, 09 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cara Mengepang Rambut Sendiri yang Mudah dan Penuh Gaya!

Posted: 09 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepangan termasuk cara mudah untuk menjadikan rambut tampil lebih gaya sekaligus rapi. Tanpa hiasan rambut yang rumit pun rambut sudah terlihat modis. Hanya diperlukan teknik memilin dan mengikat untuk membuat kepangan yang bagus. Bahkan bisa dilakukan sendiri di rumah.

Kepang adalah salah satu cara untuk membuat rambut tampil lebih gaya dan juga lebih rapi. Kita bisa langsung terlihat punya kesan berbeda ketika kita telah mengepang rambut kita. Pilinan rambut kepang ini pun bisa membuat rambut kita yang sedang "bad hair day" jadi terlihat menarik. Lalu bagaimana cara mengepang rambut sendiri dengan mudah?

Berikut ini kami tampilkan cara mengepang rambut sendiri dalam berbagai gaya. Disertai tutorial step by step yang mudah diikuti. Dilansir dari Merdeka.com pada Senin (10/9/2018) berikut cara mengepang rambut sendiri yang dirangkum Liputan6.com.

Berbusana hitam dengan rambut yang dibuat kepang satu seperti ini membuat Valerie terlihat ghotik banget. Makeup yang dikenakannya juga semakin mempertegas bentuk wajah yang dimilikinya. (Instagram/valeriethomas)

Cara mengepang rambut pendek sebahu dengan kepang ganda

Kita tak harus memiliki rambut yang panjang terlebih dahulu jika ingin menatanya dengan model kepangan. Rambut pendek pun bisa dikepang, asalkan panjangnya masih mencukupi. Minimal sebatas leher atau bahu. Bagaimana cara mengepang rambut pendek sebahu yang mudah?

Berikut ini kami tampilkan cara mengepang rambut pendek sebahu dengan gaya klasik. Mudah dipraktikkan sendiri dengan satu karet rambut saja. Untuk gaya ini kita akan membuat sepasang kepangan pada bagian depan kepala. Kedua kepangan ini harus serupa satu sama lain berdasarkan posisi, ketebalan, dan panjangnya.

  1. Belah tengah rambut dengan sisir, kemudian setelah itu sisirlah rambut ke dua belah sisi.
  2. Ambil segenggam rambut dari sebelah kanan, kemudian jepit. Kemudian ambil rambut dari sebelah kiri dengan ketebalan yang sama dan jepit.
  3. Lepaskan rambut sebelah kanan yang sudah dijepit tadi, kemudian bagi menjadi tiga bagian yang sama. Kemudian mulailah mengepang dari belahan rambut ke arah belakang telinga. Silangkan bagian kanan ke tengah, sehingga bagian tengah berubah jadi di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah, sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai kepangan mendekati ujung rambut. Sisakan sedikit di bagian ujung, kemudian ikat dengan karet rambut. Jepit kepangan agar menempel pada sisi kepala.
  4. Lepaskan rambut sebelah kiri yang sudah dijepit tadi, kemudian kepanglah dengan langkah yang sama dengan rambut sebelah kanan.
  5. Terakhir jepit kepang ke belakang telinga agar menempel di kulit kepala.

Demikian cara mengepang rambut pendek sebahu dengan kepang klasik ganda. Jika sudah selesai, kepangan akan tampak seperti headband yang membingkai kedua sisi kepala dari belahan tengah rambut sampai ke belakang telinga.

Ilustrasi Kepang Ganda (sumber gambar: WikiHow)

Cara mengepang rambut panjang dengan kepangan Perancis

Rambut panjang bisa ditata dalam aneka gaya kepang. Paling sering dengan kepang klasik atau french braids. Biasanya disebut juga dengan istilah kelabang tempel. Bagaimana cara mengepang rambut panjang dengan gaya french braids?

Berikut ini tutorial cara mengepang rambut panjang dengan gaya french braids, kepang Perancis, atau kelabang tempel.

  1. Kumpulkan sejumlah rambut dari bagian tengah atas kepala. Jangan mengambil terlalu banyak dan usahakan rambut yang terkumpul tumbuh dari garis rambut yang sejajar agar terlihat rapi.
  2. Bagi rambut yang sudah dikumpulkan tadi menjadi tiga bagian dengan ketebalan yang sama. Peganglah dua kumpulan rambut dengan satu tangan, dan kumpulan rambut ketiga di tangan yang lain.
  3. Mulailah membuat kepangan klasik dari bagian paling atas dan tengah kepala, tepat di atas dahi. Silangkan bagian kiri ke tengah, kanan ke tengah, dan ulangi terus sampai Anda berhasil membuat beberapa baris kepangan biasa.
  4. Tambahkan sejumlah rambut lagi dan buat kepangan sampai beberapa baris. Tambahkan rambut lagi, lalu kepang lagi sampai beberapa baris. Begitu seterusnya sampai kepangan tak lagi menempel pada kulit kepala.
  5. Sisanya selesaikan dengan kepang biasa sampai mendekati ujung rambut. Ikat dengan karet rambut agar tidak mudah lepas.

Itulah cara mengepang rambut dengan model kepang Perancis atau kelabang tempel. Cara mengepang rambut seperti ini juga bisa dipraktikkan dari samping atau dipadukan dengan kepangan gaya lain.

Ilustrasi Kepang French Braid (sumber gambar: instructables.com)

Cara mengepang rambut anak dengan gaya klasik

Untuk anak-anak, kita bisa mencoba cara mengepang rambut dengan gaya klasik (biasa) atau kepang Perancis. Keduanya bakal membuat penampilan anak terlihat lebih rapi dan feminin. Namun untuk kali ini kita akan mencoba cara mengepang rambut anak yang paling sederhana, yaitu kepang klasik.

Berikut ini tutorial step by step cara mengepang rambut anak dengan gaya klasik dengan kepang ganda.

  1. Belah rambut anak dengan sisir menjadi dua bagian yang sama. Sisihkan bagian kiri dengan menyampirkannya ke depan bahu
  2. Bagi rambut sebelah kanan menjadi tiga bagian yang sama rata. Mulailah mengepang rambut dari tengkuk. Silangkan bagian kanan ke tengah, sehingga bagian tengah berubah jadi di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah, sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai kepangan mendekati ujung rambut. Sisakan sedikit di bagian ujung, kemudian ikat dengan karet rambut.
  3. Ambil rambut bagian kiri, belah menjadi tiga bagian yang sama, kemudian kepang dengan proses yang sama seperti rambut sebelah kanan. Ikat ujungnya dengan karet rambut. Boleh juga diikat lagi dengan pita agar terlihat semakin manis.

Demikian cara mengepang rambut anak dengan kepang klasik. Rambut anak juga bisa dikepang dengan model kepang Perancis, kepang ekor kuda, atau kepang kecil-kecil. Pastikan untuk tidak mengepang terlalu kencang agar akar rambut tidak tertarik dan menyebabkan sakit kepala.

Ilustrasi Kepang Rambut Untuk Anak (sumber gambar: Brown Haired Bliss)

Cara mengepang rambut ke samping ala dutch braids

Kepang rambut yang memanjang dari belahan tengah rambut dan menempel sampai ke belakang telinga biasa disebut dutch braids. Dinamai demikian karena cara membuatnya mirip dengan french braids, namun dengan menyilangkan rambut ke bawah. Bagaimana cara mengepang rambut dengan gaya seperti ini?

Di bawah ini kami sajikan tutorial cara mengepang rambut gaya dutch braids yang mudah dan menghasilkan kepangan rapi.

  1. Buat belahan di samping, sejajar dengan pelipis kanan atau kiri. Setelah itu, ambil bagian depan rambut dan bagi menjadi tiga bagian seperti membuat kepangan biasa.
  2. Kepang rambut dengan menyilangkan bagian kanan ke tengah (silangkan dari bawah), sehingga bagian tengah berada di kanan. Kemudian silangkan bagian kiri ke tengah (silangkan dari bawah), sehingga bagian tengah berubah menjadi kiri. Silangkan terus sampai beberapa baris, kemudian ambil sejumput rambut dan satukan dengan tiga bagian rambut yang dikepang.
  3. Sertakan juga rambut bagian belakang dalam setiap silangan. Lakukan terus menerus hingga mencapai bagian bawah rambut. Lalu ikat dengan karet rambut.
  4. Regangkan kepang yang sudah kamu buat dari pangkal hingga ujung. Tujuannya adalah membuat kepang tampak lebih bervolume.

Itulah cara mengepang rambut ke samping dengan gaya dutch braids. Ingat, kepangan ini dibuat dengan teknik yang sama dengan french braids, tetapi dengan menyilangkan ke bawah.

Ilustrasi Kepang Dutch Braid (sumber gambar: Pop Sugar)

Cara mengepang rambut fishtail

Selain kepang biasa (klasik), french braids, dan dutch braids, masih ada pula cara mengepang rambut fishtail braids yang saat ini sedang digemari. Cara mengepang rambut seperti ini memang lebih rumit daripada tiga cara mengepang rambut yang sudah dijelaskan sebelumnya, tetapi bukan berarti tak bisa dilakukan sendiri. Bagaimana cara mengepang rambut ala fishtail atau ekor ikan?

Silakan simak tutorial cara mengepang rambut fishtail atau ekor ikan step by step. Lakukan di depan cermin agar Anda tidak kesulitan mempraktikkannya.

  1. Belah rambut menjadi dua bagian yang sama tebalnya. Pisahkan sejumlah kecil rambut dari garis batas rambut di belahan sebelah kiri. Tarik dan silangkan ke atas kumpulan belahan rambut kiri (ke arah kanan). Setelah itu sisipkan di bawah belahan rambut kanan. Dengan demikian rambut dari garis rambut kiri tadi sudah menyatu dengan belahan kanan.
  2. Tarik kedua bagian rambut untuk mengencangkannya. Pisahkan sejumlah kecil rambut dari garis batas rambut di belahan sebelah kanan. Tarik dan silangkan ke atas kumpulan belahan rambut kanan (ke arah kiri). Setelah itu sisipkan di bawah belahan rambut kiri. Dengan demikian rambut dari garis rambut kanan tadi sudah menyatu dengan belahan kiri.
  3. Kepang terus rambut dengan cara yang sama hingga mendekati ujung. Cobalah mengurangi ketebalan rambut yang dipisahkan secara bertahap agar tebal kepangan merata. Ikat ujungnya dengan karet rambut.
  4. Longgarkan kepangan dengan tangan dari pangkal hingga ujung. Langkah terakhir ini tidak perlu dilakukan jika rambut dipotong dengan model layer atau shaggy, karena akan menjadikan kepangan berantakan.Demikian cara mengepang rambut fishtail atau ekor ikan. Kepangan seperti ini juga bisa dipadukan dengan model fishtail dan kepang tempel Perancis.
Ilustrasi Kepang Fishtail Braid (sumber gambar: hairstylehub.com)

Cara mengepang rambut air terjun

Kepang air terjun sebenarnya mirip dengan kepang rambut Perancis, tetapi dibuat menggantung di sepanjang sisi kepala. Seperti apa cara mengepang rambut air terjun?

Di bawah ini kami tampilkan tutorial cara mengepang rambut air terjun, langkah demi langkah.

  1. Ambil sebagian kecil rambut dan arahkan ke depan wajah. Ambil dari bagian rambut yang terdekat dengan belahan rambut dan wajah. Bagi menjadi tiga bagian sama rata, lalu kepanglah menjadi satu atau dua baris.
  2. Ambil sejumput rambut baru dan sertakan ke dalam kepangan seperti membuat kepang Perancis.
  3. Ambil bagian yang baru dari bawah. Masukkan bagian rambut yang baru ke dalam kepangan dari bawahnya. Ambil bagian baru yang kedua dari bawah dan belakang kepangan. Lepaskan bagian bawah kepangan yang sekarang dan biarkan tergantung pada sisi kepala.Buatlah satu kepangan baru degan bagian bawah yang baru. Tinggalkan bagian bawah yang lama.
  4. Ulangi teknik kepangan hingga panjang yang diinginkan. Lanjutkan dengan memasukkan bagian rambut yang baru dengan teknik yang sama. Kepang terus rambut dengan cara ini sampai ke bagian belakang kepala. Ingat baik-baik, setiap bagian rambut yang diambil dari atas kepangan harus dijalin dengan bagian atas yang sebelumnya. Selain itu, setiap bagian rambut baru yang diambil dari bawah harus dijalin ke dalam kepangan.
  5. Ikat ujung kepangan dengan karet rambut. Sikatlah rambut yang tergantung dari bawah kepangan untuk merapikannya.

Itulah cara mengepang rambut air terjun. Sedikit rumit, ya? Tetapi kalau sudah menguasainya kamu tidak akan kesulitan lagi membuat variasinya.

Ilustrasi Kepang Rainfall Braid (sumber gambar: YouTube Become Gorgeous)

Cara mengepang rambut ala korea

Sebagai kiblat mode dan fashion, tentunya dunia hiburan Korea juga memopulerkan berbagai gaya rambut yang trendy. Tak terkecuali kepang rambut. Ada berbagai jenis kepang rambut yang diperkenalkan oleh para beauty blogger dari Korea Selatan. Salah satu yang paling mudah dipraktikkan adalah kepang tiga lapis. Bagaimana cara mengepang rambut ala Korea dengan model tiga lapis.

  1. Sisir rambut dari kening ke belakang, kemudian ikat di dekat ubun-ubun dengan pita.
  2. Ambil sedikit rambut dari kiri dan kanan hingga kita mendapatkan dua bagian rambut.
  3. Kepang dua bagian rambut tadi rambut bagian depan yang sudah diikat pita. Kepang dengan cara klasik saja, kemudian ikat ujungnya dengan karet.
  4. Belah sisa rambut menjadi tiga bagian lagi. Bagian tengah adalah kepangan yang sudah diikat dua kali dengan pita dan karet tadi. kemudian kepang lagi dengan gaya klasik sampai rambut habis. Setelah itu ikat kepangan dengan karet rambut dan selesai.

Itulah cara mengepang rambut ala Korea dengan model kepang tiga lapis. Gampang banget kan? Tinggal semprotkan hairspray untuk menjaganya tetap rapi sepanjang hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: KPK Perpanjang Masa Penahanan Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap

Posted: 09 Sep 2018 10:15 PM PDT

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap memakai rompi tahanan tiba di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). Pangonal Harahap diperiksa terkait dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap memakai rompi tahanan tiba di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). Pangonal Harahap diperiksa terkait dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap akan menandatangani berkas perpanjangan penahanan  di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). Pangonal Harahap diperiksa terkait  dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap akan menandatangani berkas perpanjangan penahanan di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). Pangonal Harahap diperiksa terkait dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap dikawal petugas saat tiba untuk menandatangani berkas perpanjangan penahanan kasus dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap dikawal petugas saat tiba untuk menandatangani berkas perpanjangan penahanan kasus dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap dikawal petugas saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). Pangonal Harahap diperiksa terkait dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Bupati Labuhanbatu nonaktif Pangonal Harahap dikawal petugas saat tiba di gedung KPK, Jakarta, Senin (10/9). Pangonal Harahap diperiksa terkait dugaan suap proyek di lingkungan pemda Labuhanbatu, Sumut. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus yang Enak dan Sederhana, Tanpa Oven dan Mixer!

Posted: 09 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu kudapan yang mudah dan murah untuk dibuat di rumah adalah bolu pisang. Kreasi olahan bolu pisang ini sangat cocok dibuat jika Anda memiliki sisa buah pisang yang sudah mulai mencokelat dan terlalu matang.

Cara membuat bolu pisang ini pun sangat mudah, bahkan bisa dibuat oleh mereka yang masih pemula dalam hal memasak dan memanggang.

Berikut ini kami tampilkan beberapa resep dan cara membuat bolu pisang berikut variasinya yang rasanya tak bakal kalah dari kue bolu bikinan toko kue. Dilansir dari Merdeka.com pada Senin (10/9/2018) berikut cara membuat bolu pisang yang dirangkum Liputan6.com.

 

Cara membuat bolu pisang kukus sederhana yang enak, lembut, tanpa mixer

Ingin tahu cara membuat bolu pisang kukus sederhana yang enak, lembut, tanpa menggunakan mixer? Sangat mudah, kok. Berikut ini kami tampilkan cara membuat bolu pisang.

 

Bahan:

  • 3 Buah pisang ukuran sedang
  • 150 Gram tepung terigu serba guna
  • 150 Gram minyak goreng
  • 2 Butir telur
  • 6 Sendok makan gula pasir
  • 1/2 Sendok teh soda kue
  • 1/2 Sendok teh baking powder
  • 1 Sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 Sendok teh garam
  • Gula halus secukupnya

 

Cara membuat bolu pisang kukus sederhana:

  1. Lumatkan pisang dengan garpu. Tidak perlu sampai halus untuk mempertahankan tekstur.
  2. Kocok telur dan gula hingga mengembang. Masukan pisang lumat ke dalam kocokan telur, tambahkan minyak goreng, dan aduk hingga tercampur rata.
  3. Ayak tepung terigu, soda kue, baking powder, bubuk vanili, dan garam. Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam adonan telur dan pisang.
  4. Aduk lipat dengan spatula seperti mengaduk adonan semen agar hasil akhir kue tidak bantat.
  5. Siapkan loyang yang sudah dioles minyak goreng. Tuang adonan ke dalam loyang, kemudian ketuk-ketuk agar permukaannya rata.
  6. Siapkan kukusan yang sudah dipanaskan, kemudian masak adonan bolu pisang dengan api sedang selama 30 menit. Bungkus penutup kukusan dengan kain agar uap air tidak menetes ke adonan kue.
  7. Tusuk kue dengan lidi untuk memastikan kematangannya. Jika sudah benar-benar matang, angkat dari kukusan dan tunggu sampai mendingin.
  8. Keluarkan bolu pisang dari loyang. Taburi gula halus, kemudian sajikan utuh atau dalam keadaan terpotong-potong.

Cara membuat bolu pisang panggang

Berikut ini kami tampilkan cara membuat bolu pisang panggang yang enak dengan bahan-bahan sederhana. Pastikan pisang yang digunakan matang.

 

Bahan:

  • 4 Buah pisang matang
  • 200 Gram tepung terigu serba guna
  • 250 Gula pasir
  • 250 Gram minyak sayur
  • 4 Butir telur ayam
  • 1 Sendok teh SP/TBM
  • 1/2 Sendok teh baking powder

 

Cara membuat bolu pisang panggang:

  1. Kocok telur ayam, gula pasir, SP, dan baking powder dengan mixer berkecepatan tinggi sampai berwarna putih.
  2. Masukan tepung terigu sedikit demi sedikit, minyak sayur, dan pisang yang sudah dilumatkan. Aduk lagi sampai tercampur rata.
  3. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius.
  4. Olesi loyang menggunakan dengan minyak goreng dan tuangi sedikit tepung terigu. Tuang adonan ke dalamnya, kemudian panggang selama 30 menit.
  5. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian keluarkan dari oven.
  6. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan.

Cara membuat bolu pisang ambon

Bolu pisang paling enak jika dibuat dengan pisang jenis ambon. Berikut ini kami sajikan cara membuat bolu pisang ambon panggang yang enak.

 

Bahan:

  • 130 Gram pisang ambon
  • 130 Gram tepung terigu protein rendah
  • 1 Sendok makan tepung maizena
  • 100 ml susu cair
  • 110 Gram margarin cair
  • 130 Gram gula pasir
  • 4 Kuning telur
  • 3 Putih telur
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1 Sendok teh SP
  • 1/2 Sendok teh BP
  • 1/4 Sendok teh garam

 

Cara membuat bolu pisang Ambon:

  1. Kocok telur, gula, dan SP dengan mixer hingga mengembang. Masukkan pisang, kemudian kocok lagi. Masukkan tepung, maizena, garam, vanili bubuk, dan BP. Terakhir masukkan susu dan kocok.
  2. Matikan mixer, masukkan margarin, aduk lipat hingga menyatu.
  3. Panaskan oven dengan suhu 170 derajat Celcius. Siapkan loyang yang dioles margarin dan terigu, kemudian tuangkan adonan.
  4. Panggang adonan bolu pisang selama 30 menit. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian keluarkan dari oven.
  5. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan.
Yuk bikin bolu pisang untuk temani manisnya suasana malam keluarga. (Via: resepdanmasakan.com)

Cara membuat bolu pisang coklat

Untuk menjadikan kue lebih bervariasi, modifikasi bahan bolu dengan menambahkan cokelat. Berikut ini panduan lengkap cara membuat bolu pisang cokelat yang legit.

 

Bahan:

  • 200 Gram pisang matang
  • 125 Gram margarin
  • 80 Gram gula palem
  • 175 Gram terigu serba guna
  • 5 Gram cokelat bubuk
  • 1 Sendok teh baking powder
  • 1/2 Sendok teh kayu manis bubuk
  • 2 Butir telur

 

Bahan chocolate crumble:

  • 80 Gram terigu serba guna
  • 15 Gram cokelat bubuk
  • 60 Gram butter/margarin
  • 20 gr gula bubuk
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk

 

Cara membuat bolu pisang coklat:

  1. Ayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan kayu manis dari bahan dasar.
  2. Campur bahan-bahan chocolate crumble dengan garpu.
  3. Mixer margarin dan gula sampai mengembang dan halus. Turunkan kecepatan, masukan telur, dan kocok. Matikan mixer.
  4. Masukan bahan dasar kering yang sudah diayak, kemudian masukan pisang yang sudah dilumatkan dengan garpu. Aduk hingga rata.
  5. Tuang adonan bolu ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung terigu.
  6. Panggang dalam oven bersuhu 180 derajat Celcius selama 10 menit. Keluarkan loyang dari oven, kemudian taburi chocolate crumble. Panggang lagi sampai 45 menit.
  7. Dinginkan bolu pisang dan keluarkan dari loyang, kemudian sajikan.

Cara membuat bolu pisang keju

Selain cokelat, keju juga bisa menjadi variasi rasa bolu pisang. Rasanya yang manis dan gurih pasti cocok disantap untuk segala suasana. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara membuat bolu pisang keju. Gunakan jenis keju sesuai selera masing-masing.

 

Bahan:

  • 4 Buah pisang ambon
  • 200 Gram tepung terigu
  • 7 Sendok makan gula pasir
  • 2 Sendok makan susu bubuk
  • 2 Butir telur
  • 6 Sendok makan margarin cair
  • 1/2 Balok keju cheddar
  • 1/2 Sendok teh baking powder

 

Cara membuat bolu pisang keju:

  1. Kocok telur dan gula sampai tercampur rata. Masukkan margarin yang sudah cairkan.
  2. Masukkan tepung terigu, baking powder, dan susu, kemudian aduk-aduk
  3. Masukkan pisang yang sudah dilumatkan, kemudian keju parut. Aduk hingga merata.
  4. Panaskan kukusan. Bungkus tutupnya dengan kain lap.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega. Kukus selama 30 menit.
  6. Tusuk dengan lidi untuk melihat kematangannya, kemudian angkat dari kukusan.
Tak hanya pempek kudapan khas Palembang yang sedap untuk dinikmati. Anda juga harus mencoba kue bolu kojo yang lezat dan bertekstur lembut. (Foto & Resep: Kokiku Tv)

Cara membuat bolu pisang Jepang

Bolu pisang jepang sebenarnya adalah kue jenis cotton cake yang memiliki tekstur sangat lembut dan mengembang. Kue seperti ini dibuat dengan telur yang banyak dan pengembang (emulsifier). Bagaimana cara membuat bolu pisang jepang dengan mudah? Berikut ini kami tampilkan resep lengkapnya.

 

Bahan:

  • 300 Gram tepung terigu
  • 200 Gram gula pasir
  • 100 ml minyak goreng
  • 50 ml air putih
  • 4 Butir telur ayam
  • 1 Sendok SP
  • 1 Sendok teh vanili bubuk
  • 2 Sendok teh perasa pisang
  • Meses dan cokelat masak putih secukupnya
  • Pewarna makanan kuning secukupnya

 

Cara membuat bolu pisang jepang:

  1. Kocok telur, SP, gula pasir,vanili dengan mixer selama 10 menit.
  2. Turunkan kecepatan mixer, masukkan tepung, minyak goreng dan air. Kocok sampai rata.
  3. Tambahkan perasa pisang dan pewarna kuning, kemudian aduk rata.
  4. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah diolesi minyak goreng. Isi separuh saja, taburi meses, lalu tutup dengan adonan lagi hingga cetakan hampir penuh.
  5. Panaskan kukusan, kemudian kukus selama 10 menit. Keluarkan dari cetakan dan tunggu sampai dingin.
  6. Oles bagian ujung dan samping dengan cokelat masak putih yang sudah dilelehkan dan dicampur pewarna kuning.
  7. Tunggu sampai cokelat mengeras, kemudian sajikan kue pisang.
Tokyo Banana (shutterstock.com)Tokyo Banana Cake ( sumber gambar: MYU48 JAPAN)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Salah Cedera, Kapten Real Madrid Dapat Ancaman Pembunuhan

Posted: 09 Sep 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Sergio Ramos mengungkap fakta dia dan keluarganya menerima ancaman pembunuhan setelah dianggap sengaja mencederai Mohamed Salah saat Real Madrid menghadapi Liverpool di final Liga Champions pada akhir Mei lalu.

Saat itu, Ramos dan Salah terlibat duel fisik. Lengan kedua pemain terkunci dan terjatuh bersama. Malang bagi Salah, posisi jatuhnya tak tepat, dia pun harus ditarik keluar lebih awal. Liverpool kalah 1-3 dari Real Madrid.

Meski kedua pihak menganggap masalah tersebut sudah usai, para pendukung bertindak sebaliknya. Hingga kini, Ramos tetap dicela soal insiden tersebu.

Bahkan saat Spanyol bermain melawan Inggris di Wembley Stadium, beberapa waktu lalu, Ramos terus dicemooh. Namun, dia tidak mau berkomentar atas aksi itu.

Kapten Real Madrid ini hanya meminta para suporter bertindak adil.

Ancaman Pembunuhan

Striker Liverpool, Mohamed Salah, berebut bola dengan bek Real Madrid, Sergio Ramos, pada laga final Liga Champions di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Minggu (27/5/2018). Salah mengalami cedera bahu usai dilanggar Ramos. (AP/Efrem Lukatsky)

Soal sambutan negatif publik Wembley, Ramos tidak bisa berbuat banyak. Dia mengaku akan lebih bahagia jika mendapat sambutan lainnya. Ramos juga tak mau lagi membahas masalah ini.

"Saya akan lebih senang menerima sambutan lainnya karena orang-orang hanya mengingat aksi di final, dan tak ada yang mengingat ancaman pembunuhan yang diterima saya, keluarga saya dan anak-anak saya," ujar Ramos di skysports.

"Ini adalah isu yang sangat sensitif dan orang-orang mungkin menganggapnya sebagai gurauan dan karena itulah mereka mengkritik saya di stadion seperti ini."

"Suara hati saya jelas. Saya sudah menjelaskan apa yang terjadi, dan saya tak mau memberikan penjelasan lebih lanjut," imbuh Ramos.

Tak Akan Berubah

Ramos bersikeras tak akan mengubah cara bermainnya. Dia selalu bertindak profesional di lapangan dan tak pernah bermaksud mencederai pemain lawan.

Ramos pun berjanji akan terus berusaha menjaga ketenangannya dan menghadapi kasus ini sebaik mungkin. "Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya tak pernah bermaksud menyakiti kolega."

"Ada beberapa orang yang mungkin sudah salah paham, tetapi inilah sepak bola. Hal itu tak akan mengubah apa pun dalam permainan saya atau diri saya sendiri," tutupnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Bakal Ekspor Mobil Listrik Rakitan Indonesia

Posted: 09 Sep 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif Tanah Air tengah menyambut era mobil ramah lingkungan. Memang, hingga saat ini regulasi terkait mobil listrik, hybrid, plug-in hybrid, dan energi terbarukan masih digodok pemerintah, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Jika peraturan mobil emisi rendah ini sudah rampung, bisa dipastikan mobil bertenaga listrik atau energi terbarukan lainnya bisa berkembang di dalam negeri, dan juga bakal berharga murah.

Dijelaskan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, pihaknya juga berharap untuk model baru yang bakal diproduksi secara lokal dan diekspor selanjutnya, adalah mobil listrik.

"Sekarang kan sebenarnya modelnya baru-baru semua, misalnya Toyota Innova dan Fortuner tahun 2015 dan 2016. Toyota Rush juga baru mulai tahun ini, Jadi, kalau model-model baru kita berharap electric vehicle ya," jelas Warih saat ditemui di Tanjung priok, beberapa waktu lalu.

Lanjut Warih, untuk menyambut pasar mobil ramah lingkungan di Indonesia, raksasa asal Jepang ini harus siap produksi mobil listrik. Meskipun hingga saat ini, belum ada informasi yang lebih detail terkait produksi dan ekspor dari mobil listrik tersebut.

"Nantilah, belum tahu (produksi mobil listrik). Kita investasi lagi, harus siap produksi mobil listrik," tegas Warih

Selanjutnya

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo memang sempat menyinggung jika investasi besar Toyota diharapkan juga bisa digunakan untuk produksi massal mobil listrik di Indonesia.

"Saya sangat mengapresiasi Toyota Motor yang sudah berinvestasi Rp 22,9 triliun, dan itu jumlah yang sangat besar. Kita harapkan, bakal bergerak ke mobil listrik ke depannya," jelas pria yang akrab disapa Jokowi di tempat yang sama.

Lanjut mantan Wali Kota Solo ini, untuk road map menuju mobil listrik memang tengah disiapkan Kemenperin. Nantinya, secepatnya bakal segera disahkan, agar mobil listrik segera jalan di Indonesia.

"Masih dalam proses (perpres mobil listrik). Selesai tahun ini? Secepatnya," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkualitas dan Memenuhi Selera, Produk Mebel Indonesia Dilirik Eropa

Posted: 09 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Frankfurt - Konsumen di Jerman dan sejumlah pasar Eropa belakangan mulai melirik produk mebel Indonesia. Itu kian dipicu setelah produk mebel yang ditawarkan oleh peserta Indonesia di Pameran Spoga+Gafa dinilai berdesain dan berkualitas baik dan bisa memenuhi selera Eropa

Pameran yang pesertanya terdiri dari perusahaan pemasok dan penjual eceran ini diikuti oleh 22 pengusaha mebel dari Indonesia. Pameran ini utamanya menyasar promosi antar perusahaan, tetapi ada juga pengunjung yang merupakan konsumen individu.

"Pameran tahunan Spoga+Gafa merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mempromosikan produk furnitur Indonesia, tidak hanya untuk pasar Jerman, tetapi juga pasar dunia mengingat para buyer datang dari berbagai negara, baik dari daratan Eropa maupun Amerika bahkan Timur Tengah," ujar Konsul Jenderal RI untuk Frankfurt, Toferry P. Soetikno.

Produk-produk mebel yang ditawarkan oleh peserta Indonesia memang mempunyai rancangan dan kualitas yang bagus dan bisa memenuhi selera masyarakat Eropa dan internasional.

"Alhamdulillah, penjualan furnitur kami ke Eropa dari tahun ke tahun menunjukan peningkatan yang cukup stabil," ungkap salah satu peserta asal Indonesia.

Selain Jerman, para pembeli yang menghadiri pameran dan membeli produk Indonesia berasal dari Inggris, Spanyol, Italia, Austria, Swiss, Norwegia, Swedia, hingga Amerika Latin dan Timur Tengah seperti Dubai.

Menjadi catatan positif dalam pameran itu adalah adanya perusahaan dari Indonesia, di antaranya PT. Khavindo Mebel Indonesia dan Casa Java Furniture yang hampir 80 persen pembelinya adalah perusahaan dari negara Jerman. Ada pula beberapa perusahaan besar Jerman yang merupakan pembeli produk-produk mebel dan furnitur dari Indonesia, demikian seperti dikutip dari Kemlu.go.id, Senin (9/9/2018).

 

Simak video pilihan berikut:

Hadapi Saingan dari China dan Vietnam

Pekerja sedang memasang bantalan kursi drum bekas di industri kecil Ali Kreatif, Parung Bogor, Selasa (30/1). Industri yang beromset 20 juta rupiah setiap minggunya juga memproduksi tempat sampah, lemari hingga meja. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Para pengrajin mebel mengakui kalau pesaing terberat sekarang adalah pengusaha dari Cina dan Vietnam yang bisa memproduksi dengan harga lebih rendah.

Namun mereka tetap optimis jika pasar Eropa terutama Jerman tetap berorientasi pada kualitas daripada harga.

"Kami yakin bahwa para pembeli lebih banyak yang mengutamakan kualitas produk yang benar-benar bagus untuk membangun kepercayaan jangka panjang," ujar Markus, peserta pameran dari PT. Javanesia Teakindo.

Para pengusaha juga diingatkan untuk memperhatikan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) atas produk-produk mebel yang sudah didaftarkan oleh perusahaan dari negara-negara lain.

"Sangat perlu untuk mematuhi HAKI, terutama pada produk furnitur agar tidak terjadi kerugian bagi para pengusaha furnitur Indonesia," ujar Prieta Perthantri dari Perwakilan Kamar Dagang Industri Jerman di Indonesia (Ekonid).

Pameran Spoga+Gafa merupakan pameran terkemuka di Jerman dan dunia. Pameran yang menempati area seluas 225.000 meter persegi ini fokus pada produk untuk digunakan di luar ruang termasuk juga mebel.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hikayat Selokan Mataram dan 10 Ton Lele

Posted: 09 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Ribuan warga Yogyakarta memancing di Selokan Mataram sepanjang 20 kilometer, Minggu, 9 September 2018. Pemandangan ini baru pertama kalinya terlihat sejak puluhan tahun keberadaan selokan yang dibangun pada masa Sultan HB IX ini.

Bukan sekadar memancing, mereka juga ikut memperingati hari bersejarah Amanat 5 September lewat kegiatan itu.

Sebanyak 10 ton lele disiapkan. Ikan itu disebar di 14 titik pancing Selokan Mataram, meliputi Banyurejo, Beluran, Barongan, Margoluwih, Mayangan, Kutu Asem, Kutu Dukuh, Barek UGM, Pringwulung, Pringgolayan, Kledokan, Babarsari, Pugeran, dan Sanggrahan Maguwo.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Relawan Jokowi KH. Ma'ruf Amin Untuk Kemuliaan Indonesia (Rejomulia) ini diadakan mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

"Memancing adalah aktivitas yang sangat populer, murah meriah, merakyat serta digemari masyarakat lintas usia dan kalangan," ujar Masrur Ahmad, Ketua Rejomulia.

Ada dua hal yang melatarbelakangi kegiatan ini digelar. Pertama, perlunya memperingati momentum bersejarah Amanat 5 September 1945 yakni, bergabungnya Kasultanan Ngayogyakarta dan Kadipaten Pakualaman ke Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Amanat 5 September 1945 adalah hasil keputusan politik dua kerajaan. Terbitnya Amanat 5 September 1945 semakin melegitimasi eksistensi NKRI mengingat Belanda tidak mengakui proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kedua, lokasi Selokan Mataram dipilih sebagai bentuk penghormatan sekaligus mengenang jasa besar Sultan HB IX yang telah membangun insfrastruktur irigasi pertanian dan perikanan sehingga bermanfaat bagi masyarakat. "Memancing ini terbuka untuk siapa saja dan gratis," ucap Masrur.

Simak video menarik berikut ini: 

Dilarang Berkampanye

Ribuan warga Yogyakarta memadati 14 titik di Selokan Mataram sepanjang 20 kilometer untuk mengikuti mancing gratis bersama. (Liputan6.com/Switzy Sabandar)

Sekalipun digelar oleh relawan Jokowi dan Maaruf Amin, kegiatan mancing bertajuk Mancing Geerrsama ini harus steril dari beragam atribut kampanye.

Masrur menegaskan larangan memasang alat peraga kampanye, berupa spanduk, baliho, logo partai, nomor urut partai, termasuk bendera parpol serta tidak diperkenankan ada ajang sosialisasi visi misi dan atau citra diri, seperti memajang foto caleg berserta namanya.

"Kegiatan ini juga tidak boleh untuk ajang promosi, selling, branding produk barang jasa bersifat komersial dan jika ditengarai hal tersebut maka koordinator tiap spot pemancingan wajib menertibkan," tuturnya.

Sederet komedian terkenal Yogyakarta juga menghangatkan suasana mancing bersama, yakni Marwoto Kawer, Aldo Iwak Kebo, Rio Srundeng, Yanti Lemu, Novi Kalur, dan Sugeng Iwak Bandeng.

Sejumlah tokoh nasional juga hadir, antara lain, Maman Imanulhaq, Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional Jokowi KH. Ma'ruf Amin, Ketua Relawan Bravo 5, Fachrul Rozi, Heriyono Harsoyo, dan Sidarta Danusubroto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkum HAM: Pendaftaran Tagar 2019 Prabowo Presiden Langgar Undang-undang

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, ada upaya menyiasati perkumpulan tagar 2019 Prabowo Presiden agar resmi diterima pemerintah.

Yasonna mengatakan, bahwa tagar 2019 Prabowo Presiden atau #PrabowoPresiden yang disebut-sebut telah terdaftar di Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU), faktanya tidak terdaftar di Kemenkum HAM.

"Perlu kami tegaskan bahwa #2019PRABOWO PRESIDEN tidak benar terdaftar di Kemenkum HAM. Itu penyiasatan! Saya mengatakan itu penyiasatan," tegas Yasonna dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (10/9/2018).

Sebab, kata Yasonna, Pasal 59 ayat 1 Undang-Undang Nomor 16 tahun 2017, tentang Penetapan Atas Peraturan pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017, disebut dengan tegas melarang nama instansi Pemerintah digunakan sebagai nama perkumpulan.

"Jadi dalam sistim AHU online di Kemenkum HAM kalau ada yang memohon nama perkumpulan pakai nama Presiden, pasti sistim online AHU Kemenkumham menolaknya," kata Yasonna.

"Sistim daring AHU pasti menolaknya," tegas Yasonna.

Meski ditolak, notaris perkumpulan tersebut berupaya terus mengakali sistem yang ada. "Dia (notaris perkumpulan) menyiasati dengan mendaftarkan PERKUMPULANTAGAR2019PRABOWOPRESI DEN atau #2019PrabowoPresi den (dengan spasi antara Presi dan Den)," kata Yasonna.

"Yang terdaftar adalah tagar 2019PrabowoPresi spasi den (#2019PrabowoPresi den). Jadi perlu saya tegaskan Kalau ada #2019PrabowoPresiden (tanpa spasi) itu penyiasatan dan melanggar undang undang," tegas Yasonna.

Multi Tafsir

Ekspresi Menkumham Yasonna Hamonangan Laoly usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dua tersangka Irvanto Hendra Pambudi Cahyo dan mantan bos PT. Gunung Agung, Made Oka Masagung di gedung KPK, Jakarta, Senin (2/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Pendukung bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendeklarasikan tanda pagar (Tagar) #2019PrabowoPresiden di Bandarlampung. Munculnya tagar ini dinilai dapat menjadi pengganti tagar 2019 Ganti Presiden.

"Gerakan #2019GantiPresiden bersifat multitafsir, meskipun sah menurut konstitusi sebagai bentuk penyaluran aspirasi dan kebebasan berpendapat. Dengan mengganti menjadi #2019PrabowoPresiden atau #2019DukungPrabowo, selain lebih elegan, juga tidak lagi multitafsir," ujar Dekan FISIP Universitas Mathla'ul Anwar Banten, Said Ariyan, Minggu (9/9/2018).

Menurut Said, potensi terjadinya gesekan di tingkat akar rumput sangat besar jika gerakan #2019GantiPresiden terus digulirkan. 

Perselisihan yang terjadi di antara kubu pendukung kedua pasangan bakal capres-cawapres tidak lagi berlangsung sebatas adu argumen. Melainkan, sudah menjurus ke tindakan yang berpotensi melanggar hukum.

Said Ariyan mengamini pendapat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang menyebut gerakan #2019GantiPresiden harus diperjelas konteksnya. Yakni, apa sebenarnya yang ingin diganti. Said mengatakan, realitas saat ini hanya ada dua paslon capres-cawapres yang akan berkompetisi dalam hajatan Pilpres 2019.

Untuk menjaga persatuan di tengah masyarakat yang cenderung semakin memanas menjelang Pilpres, Said mengusulkan agar semua pihak menahan diri dengan tidak melakukan kegiatan yang dapat memancing emosi.

"Apalagi kalau kegiatan itu sampai ditunggangi kelompok tertentu untuk menggulirkan wacana makar, maka hal ini sudah jelas melanggar hukum dan harus dihentikan," ujar Said.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Habis Makan Sushi, Lengan Pria Tua Bengkak Parah

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ini bisa menjadi peringatan bagi Anda para penggemar sushi. Dilansir dari Mail Online, seorang pria paruh baya asal Korea Selatan terpaksa harus kehilangan setengah bagian lengannya setelah ia mengonsumsi sushi yang telah terkontaminasi bakteri buruk.

Sebelumnya, menderita demam dan rasa sakit pada tangan yang sangat luar biasa. Dua belas jam setelah makan sushi, tangan lelaki berusia 71 tahun itu membengkak dan terasa sangat sakit. Pria tersebut memutuskan memeriksakan dirinya ke dokter di Jeonju, Korea Selatan.

Hendaklah kita berhati-hati dalam mengonsumsi makanan mentah, pastikan semua higienis dan bebas dari bakteri.

Para dokter mengeringkan luka yang setara dengan bola golf tersebut dan mengangkat jaringan pada lengan yang terinfeksi. Sebelumnya, ahli medis mendiagnosisnya dengan vibriosis, merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Vibrio Vulnificus.

Didapati infeksi seluas 4,5cm di area sekitar telapak tangan pria tersebut. Dokter memberikan dua antibiotik intravena dengan perkiraan kondisinya bisa cepat membaik.

Ternyata perkiraan tersebut meleset, luka yang terdapat pada tangannya semakin membesar.

Selanjutnya

Hendaklah kita berhati-hati dalam mengonsumsi makanan mentah, pastikan semua higienis dan bebas dari bakteri.

Diketahui bahwa pria lansia ini ternyata juga menderita Diabetes tipe 2 dengan tekanan darah tinggi serta penyakit ginjal stadium akhir. Menurut laporan, sistem kekebalan tubuh pria ini sangatlah lemah yang didukung akibat penyakit ginjal yang dideritanya, membuat pria ini rentan terhadap nekrosis.

Nekrosis merupakan kematian jaringan tubuh yang mengakibatkan kerusakan jaringan aliran darah sehingga darah tidak dapat mengalir dengan baik dalam tubuh. Kondisi ini sangat berbahaya bagi pasien diabetes karena akan menyebabkan luka sehingga membuat aliran darah dan nutrisi terbatasi karena daging yang membusuk di tubuh.

Seruntutan riwayat penyakit yang dimiliki oleh pria paruh baya inilah yang memicu terjadinya pembekakan pada bagian-bagian tubuh, menyebabkan lengan kiri pria ini harus dipotong untuk menghentikan daging yang sudah membusuk agar tidak menyebar ke bagian lain di tubuh. Untungnya, operasi dapat berjalan dengan baik dan pria tua itu akhirnya dapat dipulangkan kerumah.

Hendaklah kita berhati-hati dalam mengonsumsi makanan mentah, pastikan semua higienis dan bebas dari bakteri.

Melalui peristiwa ini, kita diimbau untuk lebih hati-hati lagi ketika hendak mengonsumsi seafood mentah, terutama apabila kita memiliki riwayat banyak komplikasi kesehatan.

Kita juga harus lebih berhati-hati dalam mengolah dan menyajikan makanan mentah agar tidak menimbulkan korban lainnya seperti lansia ini.

 

Penulis: Immanuela Harlita Josephine

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jalan Panjang Terbitnya Fatwa MUI Pendukung Imunisasi MR

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah saat ini sedang melaksanakan upaya strategis pencegahan terhadap beberapa penyakit berbahaya dalam bentuk pemberian kekebalan bagi semua anak Indonesia, salah satu diantaranya adalah imunisasi Measles Rubella (MR) untuk mencegah penyakit Campak dan Campak German yang dilaksanakan pada tahun 2017 di 6 Provinsi di Pulau Jawa dan tahun 2018 di 28 provinsi di luar Pulau Jawa.

Kementerian Kesehatan bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) berupaya bersama guna mendukung program imunisasi yang saat ini tengah dijalankan di dalam negeri, salah satunya melalui harmonisasi bidang keagamaan dalam pelaksanaan program kesehatan, khususnya dalam upaya untuk mempercepat sertifikasi halal vaksin MR hingga terbitnya Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR produk dari Serum Institute India (SII) untuk Imunisasi.

Pada 24 Juli 2018, Kementerian Kesehatan RI mengajukan permohonan kesempatan bersilaturahmi sekaligus berkonsultasi keagamaan terkait kegiatan kampanye imunisasi MR fase II yang akan dilaksanakan pada Agustus dan September 2018 di 28 Provinsi di luar pulau Jawa. Hal ini dilakukan guna menindaklanjuti Fatwa MUI Nomor 4 tahun 2016 tentang Imunisasi dan rekomendasi MUI pada 31 Juli 2017 tentang penyelenggaraan imunisasi Measles Rubella (MR) tahun 2017 dan 2018.

Di saat yang hampir bersamaan, Ketua MUI juga mengirimkan surat kepada Menteri Kesehatan RI mengingatkan ketentuan UU No 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada 27 Juli 2018.

Seminggu berselang, pertemuan silaturahmi dilakukan antara Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K) dengan Ketua Umum MUI, K.H. Ma'ruf Amin. Pada kesempatan tersebut hadir pula Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, dr. Anung Sugihantono, M.Kes; dan Direktur Utama PT Biofarma, M. Rahman Roestan; jajaran wakil ketua MUI, perwakilan LPPOM MUI dan Komisi Fatwa MUI untuk bersama-sama berdiskusi terkait pelaksanaan Imunisasi MR yang bertempat di Gedung MUI.

MUI beri masukan

Silaturahmi jajaran MUI dan Kemenkes RI pada Jumat, (3/8/2018). (Liputan6.com/Loop/Rokom Kemenkes)

Di dalam pertemuan tersebut, MUI memberikan masukan bahwa penentuan kehalalan/keharaman sebuah produk, terutama produk biologis membutuhkan informasi yang menyeluruh, tidak hanya mengenai kandungannya saja, namun sejak proses bibit dibiakkan. Untuk itu, guna mempercepat proses sertifikasi, Menteri Kesehatan RI, atas nama negara, berkomunikasi langsung dengan SII untuk meminta dukungan dalam proses sertifikasi halal vaksin MR, sekaligus meminta informasi yang dibutuhkan agar dapat dikirimkan langsung kepada Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) MUI. Sementara berproses, kegiatan pemberian imunisasi MR tetap dilaksanakan utamanya bagi masyarakat atau sasaran yang tidak memiliki keterikatan aspek syar'i.

Tiga hari kemudian, tepatnya pada 6 Agustus 2018, Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek, bersurat kepada Serum Institute of India (SII) terkait permohonan informasi terkait vaksin. Pada tanggal yang sama, Menteri Kesehatan RI juga membuat Surat Edaran yang ditujukan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia terkait Pelaksanaan Kampanye Imunisasi Measles Rubella Fase 2.

 Sehari setelahnya, Menteri Kesehatan RI menerima jawaban dari pihak SII, yang berisi bahwa pihaknya akan berkomunikasi secara langsung dengan LPPOM MUI dan Biofarma dalam rangka mendukung proses sertifikasi halal vaksin MR dan program kampanye imunisasi MR di Indonesia.

Seminggu kemudian, Ombudsman memberikan dukungannya dengan memprakarsai pertemuan membahas pelaksanaan imunisasi MR yang dihadiri oleh Kementerian Kesehatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Biofarma dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Pertemuan dipimpin oleh Dadan Suharmawijaya (anggota Ombudsman), dihadiri oleh perwakilan Kemenkes (Dirjen P2P, Direktur SKK, Karokomyanmas), MUI, BPOM dan Biofarma. Intinya, Ombudsman mendukung pelaksanaan imunisasi Measles dan Rubella (MR) guna meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap bahaya penyakit Campak dan Rubella.

 

Rapat pleno

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat melalui Fatwa MUI nomor 33 tahun 2018 akhirnya membolehkan pemberian vaksinasi Measles-Rubella (MR) dilanjutkan. (Dok.KSP)

Komisi Fatwa MUI menyelenggarakan rapat pleno yang dipimpin oleh Sekretaris Komisi fatwa MUI, yaitu K.H. Asrorum Niam dengan mengundang narasumber dari Kemenkes, Biofarma, ITAGI, IDAI, dan Komnas KIPI pada 17 Agustus 2018. Agenda rapat pleno tersebut yaitu mendengarkan pihak berkompeten tentang imunisasi MR.

Pada 20 Agustus 2018, rapat pleno Komisi Fatwa MUI membahas dan menetapkan Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 tentang penggunaan vaksin MR produksi SII untuk Imunisasi. MUI menekankan bahwa Fatwa MUI perlu dijelaskan secara utuh redaksinya agar penerimaan di daerah dan masyarakat tidak parsial. Fatwa MUI ini menjadi pijakan sekaligus juga panduan bagi pemerintah di dalam pelaksanaan imunisasi MR juga rujukan bagi masyarakat, khususnya bagi masyarakat muslim untuk tidak ragu lagi mengikuti imunisasi MR dengan vaksin yang sudah disediakan pemerintah.

Berdasarkan kajian oleh LPPOM MUI yang disampaikan kepada Komisi Fatwa MUI mencatat bahwa di dalam produksinya, vaksin MR produksi SII memanfaatkan (bukan mengandung) unsur haram, maka tidak dapat disertifikasi halal. Akan tetapi fakta saat ini, berdasarkan informasi dari ahli yang kompeten dan kredibel ada urgensi untuk melaksanakan program imunisasi karena jika tidak akan menyebabkan bahaya (hilangnya nyawa dan atau kecacatan permanen) yang meresahkan kesehatan masyarakat.

Maka, kesimpulannya penggunaan vaksin MR produksi SII untuk program imunisasi dibolehkan didasarkan pada tiga alasan, yaitu memenuhi ketentuan dlarurat syar'iiyah, belum adanya alternatif vaksin yang halal dan suci, dan adanya keterangan ahli yang kompeten tentang bahaya yang bisa ditimbulkan. Namun, kebolehan penggunaan vaksin MR sebagaimana dimaksud tidak berlaku jika di kemudian hari ditemukan vaksin MR yang halal dan suci.

Kementerian Kesehatan memprakarsai sebuah pertemuan yang dihadiri perwakilan dari Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Direksi PT. Biofarma, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), UNICEF, WHO, serta para Kepala Dinas Kesehatan Provinsi.Pada pertemuan menyepakati untuk bersinergi, baik jajaran Dinas Kesehatan maupun jajaran MUI di daerah serta organisasi profesi akan mendukung, menyosialisasikan, dan mengimplementasikan Fatwa yang telah dikeluarkan oleh MUI Pusat untuk bersama-sama menyukseskan program imunisasi MR dalam kapasitas masing-masing untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Liga 1 Pekan Ini

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta GoJek Liga 1 bersama Bukalapak akan segera bergulir lagi. Setelah sempat libur menyambut Asian Games 2018, klub-klub kasta tertinggi pada kompetisi Indonesia kembali akan bertarung memperebutkan poin demi memperbaiki posisi di papan klasemen Liga 1

Partai yang berlangsung pekan ini, bakal diawali dengan pertemuan dua tim yang pernah menjuarai Liga Super Indonesia, Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura. Pertarungan bakal berlangsung di markas Mutiara Hitam, Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (11/9/2018). 

Di hari yang sama, Bali United juga akan bertemu Persela Lamongan. Sedangkan Persebaya Surabaya akan berhadapan dengan PS Tira. 

Gojek Liga 1 bersama Bukalapak pekan ini juga akan diwarnai dengan pertemuan dua tim legendarasi, Arema FC dan Persib Bandung. Tim dengan basis suporter yang luar biasa tersebut bakal bentrok di markas Maung Bandung, Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. 

Seperti apa jadwal lengkap Liga 1 pekan ini, simak selengkapnya di halaman berikut. 

 

Jadwal Liga 1 Matchday 21

Persib Bandung vs Arema FC

Matchday 21

Selasa (11/9/2018)

Persipura Vs Sriwijaya FC : 13.00 WIB

Bali United Vs Persela : 15.30 WIB

Persebaya Vs PS Tira : 18.30 WIB

 

Rabu (12/9/2018)

PSMS Medan Vs PS Tira : 15.30 WIB

Bhayangkara Vs Perseru Serui: 18.30 WIB

Borneo FC Vs Persija: 18.30 WIB

 

Kamis (13/9/2018)

Madura United Vs Mitra Kukar: 15.30 WIB

PSM Vs Barito Putra: 15.30 WIB

Persib Vs Arema FC: 18.30 WIB

 

Jadwal Akhir Pekan

Matchday 22

Minggu (16/9/2018)

Perseru Serui Vs PSMS : 13.00 WIB

Persela Vs Bhayangkara FC: 15.30 WIB

Sriwijaya FC Vs Persebaya: 18.30 WIB

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Nia Franklin Asal New York Raih Miss America 2019

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Miss New York Nia Franklin menerima mahkota Miss America 2019 dari pemenang tahun lalu Cara Mund di Atlantic City, New Jersey (9/10). Franklin, puteri James dan Kristy Franklin, juga seorang advokat. (AP Photo/Noah K. Murray)

Miss New York Nia Franklin menerima mahkota Miss America 2019 dari pemenang tahun lalu Cara Mund di Atlantic City, New Jersey (9/10). Franklin, puteri James dan Kristy Franklin, juga seorang advokat. (AP Photo/Noah K. Murray)

Miss New York Nia Franklin saat berkompetisi dalam ajang Miss America 2019 di Atlantic City, New Jersey (9/10). (AP Photo/Noah K. Murray)

Miss New York Nia Franklin saat berkompetisi dalam ajang Miss America 2019 di Atlantic City, New Jersey (9/10). (AP Photo/Noah K. Murray)

Miss New York Nia Franklin melambaikan tangan ke penonton usai dinobatkan sebagai Miss America 2019 di Atlantic City, New Jersey (9/10). Franklin 24 tahun telah menyelesaikan sarjana komposisi musik di East Carolina University. (AP Photo/Noah K. Murray)

Miss New York Nia Franklin melambaikan tangan ke penonton usai dinobatkan sebagai Miss America 2019 di Atlantic City, New Jersey (9/10). Franklin 24 tahun telah menyelesaikan sarjana komposisi musik di East Carolina University. (AP Photo/Noah K. Murray)

Ekspresi Miss New York Nia Franklin saat dinobatkan sebagai Miss America 2019 di Atlantic City, New Jersey (9/10). Franklin, puteri James dan Kristy Franklin, juga seorang advokat. (AP Photo/Noah K. Murray)

Ekspresi Miss New York Nia Franklin saat dinobatkan sebagai Miss America 2019 di Atlantic City, New Jersey (9/10). Franklin, puteri James dan Kristy Franklin, juga seorang advokat. (AP Photo/Noah K. Murray)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pidato Jokowi di Forum Bisnis dan Investasi Korea Selatan

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi menyampaikan pidato dalam forum bisnis dan investasi Indonesia-Korea Selatan di Seoul.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perbedaan Visi Jack Ma dan Bill Gates dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jack Ma baru saja mengumumkan akan meninggalkan posisinya sebagai Executive Chairman Alibaba Group.

Salah satu orang terkaya di Tiongkok tersebut juga mengungkap rencana masa depan yang akan dilakukan setelah 'pensiun' dari Alibaba.

Kepada Quartz, Senin (10/9/2018), Jack Ma mengutarakan keinginannya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dengan mendedikasikan waktu dan hartanya untuk beramal. Salah satu bentuk 'amal' yang bakal dikeluarkan adalah dengan mengajar.

"Suatu hari nanti, sesegera mungkin saya ingin kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa dilakukan lebih baik ketimbang menjadi CEO Alibaba," kata Jack Ma.

Seperti diketahui, didirikan sejak 1999 hingga kini, Alibaba menjadi perusahaan dengan nilai tinggi sebesar US$ 420 miliar.

Tak heran jika Jack Ma ingin menyumbangkan sebagian besar harta untuk kegiatan filantropis layaknya yang dilakukan Bill Gates saat ia meninggalkan Microsoft.

Maka dari itu, langkah yang dilakukan Jack Ma bisa dibilang sama dengan Bill Gates.

"Banyak hal yang saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi hal lain yang bisa dilakukan adalah pensiun lebih dini," lanjutnya.

Meski memiliki tujuan yang sama ingin meningkatkan kualitas hidup manusia lebih baik, Jack Ma dan Bill Gates ternyata memiliki perbedaan visi.

Jack Ma lebih berfokus pada pendidikan, sedangkan Bill Gates justru ingin meningkatkan kesehatan manusia.

Kaya Raya, Mengapa Bill Gates Hobi Sumbang Banyak Uang?

Bill Gates Serukan agar Warga Dunia Waspada Penyakit Pandemi (Paolo Bona/Shutterstock)

Bill Gates dan pasangannya, Melinda Gates memang selalu fokus melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia di bidang kesehatan.

Setiap tahunnya, Bill Gates dan istrinya menulis surat tahunan. Kali ini, selain bercerita tentang optimisme, mereka juga menjawab tentang Presiden Trump serta alasan mereka menyumbang banyak uang. 

"Ada dua alasan. Satu, karena ini adalah pekerjaan yang sangat berarti. Bahkan sebelum kami menikah, kami sering berbicara kelak kami akan menghabiskan banyak waktu untuk pekerjaan filantropi," tulis Gates dalam suratnya, seperti Tekno Liputan6.com kutip dari gatesnotes, Sabtu (17/2/2018).

"Kami berpikir itulah tanggung jawab dasar bagi siapapun yang punya banyak uang. Sekalinya kau bisa mengurus diri dan anakmu, yang terbaik adalah dengan menggunakan kekayaan ekstra untuk memberikannya kembali pada masyarakat," lanjutnya.

Bill Gates mengaku, dirinya sangat senang mengeluarkan banyak uang untuk keperluan masyarakat.

"Kami suka menggail sains di belakang kerja kami. Di Microsoft, saya mendalami ilmu komputer. Di yayasan, ilmu komputer plus biologi, kimia, agronomi dan lainnya," tukas pria berkacamata ini.

Dunia Lebih Aman

Bill Gates pada tahun 1994 (Sumber: Business Insider)

Bill Gates juga mengeluarkan uneg-unegnya soal keadaan dunia yang berlangsung pada zaman sekarang. M

enurutnya, dunia berjalan ke arah yang lebih baik meski banyak tragedi yang berlangsung di sejumlah negara.

"Banyak headline yang berisikan kabar-kabar mengerikan. Setiap hari membawa sebuah cerita berbeda tentang perpecahan politik, kekerasan, atau bencana alam. Walaupun begitu, kami melihat sebuah dunia yang semakin baik."

Ia juga menjamin kalau dunia kini lebih aman ketimbang satu dekade lalu, jumlah anak-anak yang sekolah makin bertambah, dan angka anak-anak yang meninggal berkurang drasis semenjak 1990.

"Namun menjadi seseorang yang optimistis bukan berarti hanya mengetahui bahwa kehidupan dulu lebih buruk. Melainkan mengetahui bahwa hidup dapat bertambah baik. Dan itulah yang membakar rasa optimisme kami," tandasnya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Shinta Bachir Undang Mantan Suami ke Pernikahan?

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi Shinta Bachir bakal melepas masa jandanya. Artis 32 tahun itu berencana menikah dengan pejabat DPRD Sidrap, Idham Masse, akhir 2018 mendatang.

Pernikahan kali ini terasa berbeda bagi Shinta Bachir. Pasalnya bintang film Suster Keramas itu akan menggelar pernikahan secara resmi.

Seperti diketahui, Shinta Bachir pernah menikah dengan pejabat kepolisian dan pengusaha, namun semuanya dilakukan di bawah tangan alias nikah siri.

"Kenapa tunangan saya publish? karena saya tidak mau kejadian yang seperti di masa lalu pernikahan saya sebelumnya. Punya anak satu, saya sempat diam-diam tidak diketahui publik karena saya muncul, muncul-lah orang-orang yang tidak kita inginkan. Itu yang saya jaga," ujar Shinta Bachir dalam acara lamaran di jakarta akhir pekan lalu.

Sebagai wanita yang punya masa lalu, Shinta Bachir mengaku tetap menjaga hubungan baiknya dengan para mantan suami. Lantas, apakah Shinta akan mengundang mantan suaminya?

 

Simak juga video berikut ini:

Soal Mantan

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir (32) tampil anggun sambil mengenakan pakaian serba abu-abu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Kalau mantan saya, anak saya yang ngomong, bilang 'Ayah, Arkan mau punya daddy baru.' Jadi anak saya yang ngomong, saya enggak ngomong," ucapnya.

"Saya sudah izin juga, saya bilang sama Kak Idham 'Hubungan saya sama keluarga mantan suami masih baik, karena saya ada anak'. Dia (Idham) juga bilang jangan ada permusuhan dengan mantan, karena di mana pun kita tidak bisa menghapus sangkutan apa yang ada di dalam darah daging (anak) dengan yang lalu," imbuh janda satu anak tersebut.

Tak Mengenakkan

Prosesi lamaran Shinta Bachir dan Idham Mase. (Instagram/shintabachir86_real)

Shinta Bachir mengaku dirinya dan calon suami sudah banyak membicarakan beberapa hal tak mengenakkan, terkait masa lalu masing-masing.

"Jadi sebelum menikah, bukan saya mau ngomongin harta, ngomongin apa, ngomongin masalah-masalahnya dulu. Enggak enaknya dulu yang diomongin, karena itu yang pasti akan terjadi," ucap Shinta Bachir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Hal yang Perlu Diingat Sebelum Jerawat Punggung Muncul

Posted: 09 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang bertanya-tanya apa sih penyebab timbulnya jerawat di area punggung? Kok bisa ya? Bagaimana cara menghilangkannya? Perlu Anda ketahui Jerawat punggung itu bisa muncul ketika ada pori-pori kulit yang tersumbat, permukaan kulit kotor, perubahan iklim, terlalu sering menggunakan produk kimia, hingga penggunaan produk berbahan kimia yang tidak tepat. 

Setelah mengetahui bahwa jerawat timbul kembali pada titik area tertentu, kita dapat dengan mudah menyingkirkan jerawat tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir, ubahlah gaya hidup Anda dan ikuti beberapa perawatan yang dapat membantu mengatasi jerawat. 

Dilansir dari Boldsky, Senin (10/9/2018). Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda gunakan atau sesuaikan dalam rutinitas harian untuk meredakan jerawat dengan tepat.

1. Lakukan eksfoliasi Kulit secara teratur

Alasan pertama di balik jerawat adalah pori-pori yang tersumbat. Sama seperti wajah Anda, kulit punggung juga cenderung berminyak yang merupakan salah satu penyebab utama timbulnya jerawat. Kadar minyak berlebih dapat memicu jerawat muncul kembali.

Eksfoliasi secara teratur penting untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Gunakan scrub favorit Anda untuk mengeksfoliasi secara teratur. Hal ini juga akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati. Setidaknya coba lakukan eksfoliasi kulit setidaknya sekali seminggu.

2. Biarkan Kulit Anda Bernafas

Tahukah Anda mengenakan busana yang terlalu ketat dapat menyebabkan jerawat?  Memakai pakaian ketat akan menjebak keringat berlebih dan ini akhirnya akan menyebabkan jerawat yang akan menyebar di seluruh area. Jika Anda menderita jerawat punggung, inilah saatnya untuk melepaskan pakaian ketat Anda. 

3. Jangan Lupa untuk Mandi

Ilustrasi Mandi dan Berendam Bathtub

Saat Anda sibuk menjaga tubuh Anda, jangan lewatkan hal-hal kecil ini. Pastikan Anda mandi segera setelah berolahraga untuk mencegah jerawat muncul di punggung Anda. Jika tidak, itu akan menyebabkan masalah yang terkait dengan kulit yang serius. Hal yang sama, ketika Anda telah menyelesaikan aktivitas diluar seperti pulang kantor, selesai kuliah. Anda harus segera membasuh badan Anda dengan bersih. 

4. Gunakan Kain Lembut

Mengusap kulit Anda dengan penuh semangat setelah mandi dengan kain kasar dapat semakin memperburuk situasi tubuh Anda. Nah, untuk mencegah jerawat menyebar di bagian belakang, pastikan Anda hanya menggunakan kain lembut untuk mengusap sisa air dengan lembut setelah mandi. 

5. Terapkan Lotion

Menggunakan lotion tubuh, tidak hanya akan membantu dalam menjaga kelembapan saja, tetapi juga membantu dalam mengobati jerawat. Jadi, ini sangat disarankan untuk menerapkan body lotion secara teratur untuk menghindari jerawat punggung.

6.Bilas Kondisioner Hingga Bersih

Ilustrasi Keramas Rambut (iStockphoto)

Ada kemungkinan bahwa ketika Anda mengoleskan kondisioner pada rambut mengenai area punggung. Terkadang hal ini juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat di area punggung. Karena kondisioner mengandung bahan kimia, bila tidak dibilas dengan baik dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, pastikan Anda membilasnya dengan baik saat keramas dan mandi. 

(Mariany)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kakak Angkat Sebut Ahok Gemukan di Tengah Kabar Rencana Pernikahannya

Posted: 09 Sep 2018 09:57 PM PDT

Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dikabarkan akan menikah lagi. Ahok sendiri memilih untuk menjelaskannya sendiri kepada publik usai menjalani seluruh masa hukumannya.

Dia pun tidak terpengaruh dengan isu-isu yang berkembang terkait kabar rencana pernikahan tersebut. Kakak angkat Ahok, Andi Analta Amier mengatakan, mantan Bupati Belitung Timur itu justru dalam kondisi baik dan bahagia.

"Ahok baik, gemukan," kata Andi saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 9 September 2018.

Andi sendiri memilih jarang mengunjungi Ahok di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, meski dia selalu menemani sang adik angkat ketika menghadapi persidangan atas perkara penistaan agama yang menjeratnya.

Dia ingin memberikan ketenangan bagi Ahok selama menjalani masa hukuman.

"Terakhir bertemu tiga bulan lalu, saya sengaja tidak begitu intens supaya konsentrasi beliau untuk berkreasi lebih maksimal," ucap Andi.

 

 

Tak Usah Diperbincangkan

Ryan Ernest mendampingi Ahok saay bersidang di MK. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Andi pun meminta semua pihak tidak usah terlalu memperbincangkan Ahok. Dia khawatir akan memicu reaksi dari kelompok-kelompok penebar kebencian.

"Inilah yang mungkin menjadi rawan ya, kalau tidak ditindaki oleh pihak-pihak pendukung rasionalitas," kata Andi.

Meski dalam tahanan, Ahok terus diperbincangkan publik. Terakhir, pria yang resmi berstatus duda pada 4 April 2018 itu dikabarkan akan menikah lagi dengan mempersunting seorang anggota polwan.

Menariknya, sosok yang berlabuh di hati mantan anggota Komisi II DPR tersebut bukan orang baru. Melainkan mantan ajudan Veronica Tan. Veronica adalah mantan istri Ahok.

 

Ikuti berita menarik Jawapos lainnya, di sini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Antam Betah di Posisi Rp 654 Ribu per Gram

Posted: 09 Sep 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) atau harga emas Antam betah di posisi Rp 654 ribu per gram pada perdagangan Senin (10/9/2018). Pada Sabtu, harga emas Antam berada di angka Rp 655 ribu per gram.

Sementara untuk harga pembelian kembali atau buyback emas Antam naik Rp 1.000 ke posisi Rp 572 ribu per gram.

Antam menjual emas dengan ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram. Hingga pukul 08.31 WIB, seluruh ukuran emas Antam habis terjual.

Harga emas Antam ini berlaku di kantor Antam Pulogadung, Jakarta. Untuk harga emas antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Sementara itu, untuk harga emas Antam bercorak batik dengan ukuran 10 gram ditetapkan Rp 6.800.000 atau Rp 680.000 per gram. Untuk ukuran 20 gram di posisi Rp 13.046.000 atau Rp 652.300 per gram.

Antam juga mengeluarkan emas edisi Idul Fitri. Untuk ukuran 1 gram, harga emas Antam ini dijual di harga Rp 720.000. Ukuran 2 gram dijual Rp 1.324.000 dan 5 gram dijual Rp 3.153.000.

Harga emas Antam sudah termasuk PPh 22 sebesar 0,9 persen. Sertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) untuk memperoleh potongan pajak lebih rendah (0,45 persen).

 

Daftar Harga Emas Antam

Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) turun Rp 2.000 menjadi Rp 593 ribu per gram pada perdagangan hari ini, Jakarta, Selasa (15/11). Di awal pekan harga emas Antam ada di angka Rp 595 ribu per gram. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Berikut daftar harga emas yang dijual Antam:

* Pecahan 1 gram Rp 654.000

* Pecahan 5 gram Rp 3.097.000

* Pecahan 10 gram Rp 6.129.000

* Pecahan 25 gram Rp 15.215.000

* Pecahan 50 gram Rp 30.355.000

* Pecahan 100 gram Rp 60.640.000

* Pecahan 250 gram Rp 151.350.000

* Pecahan 500 gram Rp 302.498.000.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapten Timnas Spanyol Tidak Pernah Ragukan Kehebatan De Gea

Posted: 09 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - David De Gea kembali tampil apik di bawah mistar gawang timnas Spanyol saat melawan Inggris di ajang UEFA Nations Lueage (UNL), akhir pekan lalu. Ia membuat banyak penyelamatan gemilang yang membantu Spanyol mengamankan kemenangan 2-1.

Sebelumnya, kualitas De Gea sebagai kiper utama timnas Spanyol sempat diragukan. Pemain Manchester United (MU) itu tampil buruk selama helatan Piala Dunia 2018. De Gea terlalu mudah kebobolan.

Meski demikian, skuat timnas Spanyol tak pernah meragukan kehebatan De Gea. Ia masih terus dipercaya sebagai kiper utama Spanyol. De Gea tetap dianggap salah satu kiper terbaik di dunia.

Kapten timnas Spanyol Sergio Ramos pun memuji langsung penampilan De Gea di laga melawan Inggris. Menurutnya, De Gea akhirnya membayar lunas keraguan itu dengan tampil gemilang.

Kiper Hebat

Kiper Timnas Spanyol David De Gea. (AP Photo/Petr David Josek)

Ramos dan Spanyol selalu mengatahakan De Gea adalah kiper hebat. "Dia (De Gea) adalah kiper hebat. Kami selalu mengatakan itu," tegas Ramos di fourfourtwo.

"Laga-laga besar adalah yang penting bagi pemain hebat. Setelah Piala Dunia dengan banyak keraguan, dia layak menerimanya (tampil gemilang)."

Kepercayaan Diri

Ramos berharap De Gea bisa semakin percaya diri setelah tampil apik di laga kontra Inggris. Dia percaya pemain berusia 27 tahun itu sudah menjalani pertandingan hebat dengan banyak penyelamatan.

"Dia adalah kiper hebat, dan hari ini (vs Inggris) dia menjalani pertandingan hebat, dia membuat beberapa penyelamatan yang membantu mengamankan kemenangan."

"Semoga, ini juga akan jadi awal untuknya dan membantu dia untuk mendulang kepercayaan diri karena dia adalah pemain kunci bagi kami," tandas Ramos.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Awal Pekan, Harga Sayuran Terpantau Stabil di Pasar Mampang

Posted: 09 Sep 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Harga sayuran di pasar tradisional Mampang, Jakarta Selatan, terpantau stabil. Hal ini terjadi karena pasokan mencukupi.

Hatun (37), pedagang sayuran di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, mengatakan, sejak pekan lalu, harga sayuran memang stabil. Jika pun naik atau turun tidak lebih dari Rp 1.000 per kilogram (kg).

"Harga lagi stabil. Terutama untuk cabai rawit merah yang banyak dicari orang. Ya kalau naik enggak lebih dari Rp 1.000. Wajarlah, kalau yang (kualitasnya) bagus-bagus," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (10/9/2018).

Dia mengungkapkan, cabai rawit merah saat ini berada di kisaran Rp 35 ribu per kg. Adapun rawit hijau lebih murah, yaitu Rp 30 ribu per kg. Untuk cabai merah besar Rp 36 ribu per kg dan cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg.

Untuk bawang merah dan bawah putih terpantau stabil di harga Rp 25 ribu per kg. Demikian juga dengan kentang dan wortel yang dibanderol Rp 13 ribu dan Rp 10 ribu per kg.

Hatun menyatakan, kestabilan harga sayuran lantaran pasokan dari Pasar Induk Kramat Jati yang mencukupi. Selain itu, kondisi cuaca juga mendukung distribusi sayuran dari lokasi pertanian ke Ibu Kota.

"Dari Pasar Induk kayanya banyak jadi cukup buat ke pasar-pasar di Jabodetabek. Kalau pasokannya sulit, biasanya langsung naik, kaya cabai. Tapi ini cukup," tandas dia.

Berikut daftar harga komoditas sayuran di pasar tradisional berdasarkan pantauan Liputan6.com.

- Cabai rawit merah Rp 35 ribu per kg‎

- Cabai merah besar Rp 36 ribu per kg

- Cabai rawit hijau Rp 30 ribu per kg

- Cabai merah keriting Rp 35 ribu per kg

- Bawang merah Rp 25 ribu per kg

- Wortel Rp 10 ribu per kg‎

- ‎Timun Rp 8.000 per kg

- Kol Rp 8.000 per kg

- Tomat Rp 10 ribu per kg

- Kentang Rp 13 ribu per kg

- Bawang putih Rp 25 ribu pe‎r kg

- Sawi Rp 10 ribu per kg

Telur Ayam Jadi Penyebab Deflasi pada Agustus 2018

Penjual menunjukkan telur dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan pada Indeks Harga Konsumen )IHK) Agustus 2018 mengalami deflasi 0,05 persen. Deflasi ini merupakan pertama di 2018.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, deflasi ini salah satunya disebabkan oleh penurunan harga telur ayam. Dari pantauan BPS, pada Agustus terjadi penurunan harga telur ayam di 65 kota Indeks Harga Konsumen (IHK).

‎"Komoditas yang dominan memberikan deflasi Agustus 2018 yaitu telur ayam, ada penurunan harga telur ayam terjadi di 62 kota IHK, sehingga andil telur ayam ras terhadap deflasi sebesar 0,06 persen," ujar dia di Kantor BPS, Jakarta, Senin (3/9/2018).

Selain telur ayam, sejumlah komoditas yang juga menyumbang deflasi yaitu bawang merah sebesar 0,05 peren. Kemudian daging ayam ras, bayam, cabai merah dan cabai rawit masing-masing sebesar 0,02 persen.

Adapun ikan segar, jengkol, kangkung, kentang, sawi hijau, tomat sayur, jeruk dan bawang putih masing-masing sebesar 0,01 persen.

Sementara komoditas yang menyumbang inflasi di Agustus 2018 yaitu ketimun sebesar 0,01 persen, subkelompok makanan jadi sebesar 0,35 persen, subkelompok minuman tidak beralkohol sebesar 0,08 persen dan subkelompok tembakau dan minuman beralkohol sebesar 0,62 persen.

"Komoditas yang dominan memberikan andil inflasi yaitu nasi dengan lauk, rokok keretek dan rokok filter masing-masing sebesar 0,01 persen," tandas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persib Vs Arema FC di Liga 1 2018

Posted: 09 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laga-laga sengit di Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak kembali digelar tengah pekan ini. Memasuki pekan ke-21, laga Persib vs Arema FC bisa dibilang menjadi big match utama.

Duel ini memang dipastikan berlangsung seru. Pasalnya, ada misi berbeda yang diusung Persib Bandung dan Arema FC, saat berhadapan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Persib berkepentingan memburu tiga poin demi mempertahankan posisi mereka di puncak klasemen. Pasalnya, Persib dengan Madura United dan Bali United yang berada di bawah mereka, hanya berselisih dua dan tiga poin.

Sementara Arema, butuh kemenangan untuk terus memperbaiki posisi mereka yang saat ini masih tertahan di peringkat ke-14. Dari 20 pertandingan, Tim Singo Edan baru mengoleksi 25 poin.

Namun, tak cuma laga Persib vs Arema yang diprediksi berlangsung sengit. Laga-laga lain juga diperkirakan akan berjalan seru karena tim-tim dipastikan telah melakukan persiapan matang selama liburan.

Berikut jadwal Persib vs Arema FC dan laga-laga lain di Liga 1 pekan ke-21.

Jadwal Persib Vs Arema

 Kamis, 13 September

18.30 WIB, Persib vs Arema FC

Stadion Gelora Bandung Lautan Api

LIVE Indosiar

 

Jadwal Pertandingan Lainnya

Selasa, 11 September

13.00 WIB, Persipura vs Sriwijaya FC

15.30 WIB, Bali United vs Persela (Indosiar)

18.30 WIB, Persebaya vs PS Tira (Indosiar)

Rabu, 12 September

15.30 WIB, PSMS vs PSIS (Indosiar)

18.30 WIB, Bhayangkara FC vs Perseru (O Channel)

18.30 WIB, Borneo FC vs Persija (Indosiar)

Kamis, 13 September

15.30 WIB, Madura United vs Mitra Kukar (Indosiar)

15.30 WIB, PSM Makassar vs Barito Putera (O Channel)

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pesona Lady Gaga di Festival Film Toronto

Posted: 09 Sep 2018 09:45 PM PDT

Lady Gaga berpose di karpet merah saat tiba menghadiri pemutaran film

Lady Gaga berpose di karpet merah saat tiba menghadiri pemutaran film

Lady Gaga berpose di karpet merah saat tiba menghadiri pemutaran film

Lady Gaga berpose di karpet merah saat tiba menghadiri pemutaran film

Lady Gaga menyapa penggemar saat tiba menghadiri pemutaran film

Lady Gaga menyapa penggemar saat tiba menghadiri pemutaran film

Lady Gaga dan Bradley Cooper tiba di karpet merah menghadiri pemutaran film

Lady Gaga dan Bradley Cooper tiba di karpet merah menghadiri pemutaran film

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat Bantah Main 2 Kaki, tapi...

Posted: 09 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto membantah partainya bermain dua kaki soal dukungan politik Pilpres 2019. Hal ini mengemuka karena Demokrat memberi dispensasi kepada kader di sejumlah daerah, terutama Papua yang mayoritas mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Rasanya tidak ya, dua kaki tidak seperti itu. Bahkan dua kaki itu hal hal yang berbeda dengan case yang ada di Papua ini. Memang case di Papua adalah khusus, maka ini merupakan khusus untuk menentukan strategi apa yang harus dilakukan di sana," kata Agus di kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Menurut dia, hanya Papua yang suaranya paling signifikan mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, sementara Demokrat sudah menyatakan mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Karena itu, Demokrat ingin mencari formula supaya keinginan kader di daerah juga dihormati.

Sebab, selain di Pilpres, partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga ingin sukses di Pemilu 2019.

"Karena di sana pemilihannya khusus pakai noken dan semua ketua ketua DPC-nya sudah men-declare hampir 90 persen mendukung Pak Jokowi," ucap Agus.

"Kita di pemilu ini harus sukses seluruhnya. Pemilu legislatif maupun pemilu presiden dan juga tentunya kemegahan dari kekuatan Partai Demokrat itulah case-case itu yang kita perhatikan," tandas Wakil Ketua DPR itu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Demokrat Beri Dispensasi

Partai Demokrat memberi dispensasi kepada kader di provinsi yang mendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

Ketua DPP bidang Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean menyebut, ada empat provinsi yang mendukung Jokowi-Ma'ruf. Dua provinsi yang paling signifikan memberi suara kepada Jokowi adalah Papua dan Sulawesi Utara.

"Sedang kami pikirkan karena di sana kader-kader kami mayoritas menginginkan berkoalisi dengan Pak Jokowi. Tapi, secara umum dari 34 Provinsi, 23 provinsi meminta berkoalisi dengan Pak Prabowo," kata Ferdinand di Mega Kuningan Timur VII , Jakarta Selatan, Minggu (9/9/2018).

Demokrat memaklumi sikap Ketua DPD Papua Lukas Enembe yang mendukung Jokowi. Menurutnya, Lukas hanya menghargai sikap para kader Demokrat di Papua.

"Papua itu luar biasa, di sana itu 92 (dukung Jokowi) melawan 8 persen, jadi kami memaklumi apa yang disampaikan Pak Lukas Enembe. Tetapi memang penyampaiannya yang mungkin terlalu bersemangat," dia menerangkan.

Alasan Demokrat memberikan dispensasi empat provinsi itu untuk menjaga suara di Pileg 2019. Namun Demokrat juga memperjuangkan amanat partai memenangi Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

"Kader kami di sana juga tidak boleh jadi kesulitan mencari pemilih bagi caleg-caleg kita. Jadi nanti kami akan cari formula khusus supaya Demokrat juga hidup, kami juga bisa memenangkan Pak Prabowo nanti," tuturnya.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kurangi Impor Minyak, PT KAI Dukung Penggunaan B20

Posted: 09 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Pemerintah Indonesia sedang gencar mengurangi impor minyak dari luar negeri. Salah satu cara agar mengurangi impor ialah penggunaan B20. Hal itu merupakan hasil pencampuran antara solar dengan 20% minyak kelapa sawit.

Dengan begitu, hal ini akan mengurangi jumlah kebutuhan BBM di Indonesia baik di sektor industri maupun transportasi sehingga subsidi pemerintah untuk impor BBM berkurang.

Diketahui, aturan ini telah diberlakukan terhitung sejak 1 September 2018. Ketentuan penggunaan bahan bakar hasil pencampuran 20 persen biodiesel (minyak kelapa sawit) dengan solar berlaku untuk penggunaan di sektor subsidi dan nonsubsidi.

Pemerintah telah menerbitkan empat peraturan untuk memayungi kebijakan tersebut. Pertama Peraturan Presiden (Perpres) No 66 Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas Perpres No 61 Tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2018.

Penerbitan Perpres itu, akan diikuti dengan terbitnya Peraturan Menteri ESDM Nomor 41 Tahun 2018 tentang Penyediaan dan Pemanfaatan Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel dalam Rangka Pembiayaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit yang ditandatangani Menteri ESDM Ignasius Jonan pada 23 Agustus 2018.

Peraturan berikutnya adalah Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1935 K/10/MEM/2018 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri ESDM Nomor 1803 K/10/MEM/2018 tentang Penetapan Badan Usaha Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel dan Alokasi Besaran Volume untuk Pengadaan Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel pada PT Pertamina (Persero) dan PT AKR Corporindo Tbk Periode Mei - Oktober 2018. Peraturan ini ditandatangani pada 27 Agustus 2018.

Peraturan keempat adalah Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1936 K/10/MEM/2018 tentang Pengadaan Bahan Bakar Nabati Jenis Biodiesel untuk Pencampuran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Periode September - Desember 2018 tertanggal 27 Agustus 2018.

Keempat peraturan tersebut dinlian telah secara lengkap memayungi pelaksanaan kebijakan perluasan mandatori biodiesel B20. Mulai dari aspek penghimpunan dana sawit yang digunakan untuk membiayainya, hingga teknis pelaksanaan di lapangan, termasuk mengenai sanksi bagi pihak terkait yang tidak melaksanakannya.

Nantinya, kebijakan perluasan mandatori B20 mengharuskan penggunaan biodiesel yang semula hanya untuk sektor bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO) diperluas ke sektor nonsubsidi atau non-PSO.

B20 merupakan bahan bakar hasil pencampuran minyak solar dengan biodiesel berbahan dasar sawit sebanyak 20 persen. Selama ini biodiesel dikenal masyarakat sebagai bahan bakar bersubsidi dengan sebutan biosolar yang dipasarkan oleh Pertamina.

Tujuan mandatori tersebut yaitu untuk menghemat devisa negara, sehingga Indonesia nantinya menghemat anggaran biaya triliunan rupiah untuk penggunaan bahan bakar.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai satu-satunya BUMN operator KA di Indonesia turut mendukung penuh penggunaan B20. Hal ini diimplementasikan dalam penggunaan B20 pada lokomotif, kereta rel diesel (KRD), dan kereta pembangkit dalam operasional perjalanan KA.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi publik baik PSO maupun non-PSO, PT KAI siap ikut andil dalam upaya pencapaian target pemerintah dalam penerapan B20 di Indonesia agar kuota impor BBM di Indonesia berkurang.

Penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang dicampur 20 persen minyak kelapa sawit sejak Maret 2018 sudah diujicobakan di lokomotif kereta api. Hal itu dilakukan dengan pengawasan intensif tim gabungan dari ITB dan BPPT yang dipimpin Staf Ahli dari Kementerian ESDM. Uji coba pada mesin lokomotif KAI dilakukan sejak Maret 2018 dan berakhir pada Agustus 2018.

Berdasarkan analisis Kementerian ESDM, Apabila kebijakan perluasan B20 berjalan lancar penggunaan energi baru terbarukan (EBT) akan meningkat menjadi sekitar 15% dalam bauran BBM.

"KAI tentu mendukung program tersebut dengan tetap selalu memperhatikan dan mengutamakan keselamatan dan kelancaran perjalanan KA," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

Penggunaan B20 untuk mesin sarana tranportasi tidak mempengaruhi kinerja mesin dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan solar murni. Hal ini tentunya sejalan dengan salah satu unsur dari 4 Pilar Utama KAI yakni Kelestarian Lingkungan yang perlu didukung semua pihak dan lapisan masyarakat.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Priyanka Chopra dan Nick Jonas Tiru Pose Meghan Markle - Pangeran Harry, Cocok Tidak?

Posted: 09 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, New York - Priyanka Chopra dan Nick Jonas baru beberapa minggu sah bertunangan. Keduanya belakangan sudah tak lagi menutupi kemesraan mereka di depan umum.

Baru-baru ini, Priyanka Chopra dan sang kekasih hadir dalam peragaan busana koleksi Ralph Lauren di New York Fashion Week, Sabtu (8/9/2018) kemarin. Dalam perhelatan ini, para tamu diabadikan lewat sebuah sesi foto, yang hasilnya lantas dibagikan di akun media sosial merek fashion ternama ini.

Nah, foto Priyanka Chopra ternyata menarik perhatian publik. Pasalnya, foto ini dinilai sangat mirip dengan foto resmi pertunangan Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Yang lebih menarik, fotografer yang memotret momen ini adalah Alexi Lubomirski. Dilansir dari Elle, Senin (10/9/2018), dia adalah fotografer yang mengambil foto pertunangan Meghan Markle dan Pangeran Harry.

Cincin Jelas Terlihat

Dalam foto tersebut, Priyanka Chopra terlihat bersandar di kaki sang kekasih. Ia juga meletakkan tangannya di atas tangan Nick Jonas, membuat cincin pertunangannya begitu jelas terlihat. Meski tak sama persis, posisi serupa juga dilakukan oleh Meghan Markle. 

Sebagai catatan, Meghan Markle adalah salah satu sahabat Priyanka Chopra. Bisa jadi, kemiripan ini memang disengaja. 

 

Menarik Perhatian Media

Sejumlah media internasional pun merasakan kemiripan antara dua foto ini. Harper's Bazaar menulis artikel yang berjudul "Foto Pertunangan Meghan Markle dan Pangeran Harry Dibuat Ulang oleh Priyanka Chopra dan Nick Jonas".

Judul serupa juga ditulis oleh Cosmopolitan, InStyle, Elle, dan sejumlah media lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lubang Raksasa di Sawah Warga Sukabumi Akibat Terowongan Air Bawah Tanah

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Tim peneliti dari Pusat Air Tanah dan Geologi Tata Lingkungan (PATGTL) Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meninjau langsung lubang raksasa yang mendadak muncul di sawah warga di Kampung Legoknyenang RT 5 RW 2, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tim PATGTL yang terdiri dari Rustam, Tantan Hidayat, dan Gin Gin Gunawan itu merinci, lokasi lubang raksasa berada pada koordinat 106° 54' 53,34" BT, 6° 52' 25,66" LS.

"Lubang amblesan berbentuk oval dengan dimensi panjang 6,5 meter, lebar 4 meter, dengan kedalaman 6 meter. Elevasi permukaan tanah lokasi amblesan 774,3 mdpl," kata Pejabat Fungsional Perekayasa PATGTL, Rustam kepada Liputan6.com, Minggu, 9 September 2018.

Lokasi titik lubang raksasa terletak di atas terowongan tanah yang dialiri air. Terowongan tersebut berukuran panjang sekitar 50 meter, dengan mulut outlet terowongan tinggi 3,2 meter dan lebar 2,5 meter.

Terowongan itu melintas dari arah barat laut menuju tenggara, yaitu Sungai Cigalunggung, kedalaman pada ujung barat laut (tempat masuknya air) 6 meter. Sedangkan, kedalaman pada ujung tenggara sekitar 10 meter di bawah permukaan tanah.

"Dengan adanya amblesan ini, aliran air pada terowongan tanah tersebut agak tertahan, sehingga terjadi genangan pada ujung barat laut tempat masuknya air," paparnya.

Lokasi amblesan yang terletak pada lereng selatan bagian bawah Gunung Gede tersebut berelevasi 774,3 mdpl, dengan kemiringan lereng sekitar 15 persen. Lokasi tersebut merupakan lahan persawahan produktif.

"Berdasarkan pengamatan di lapangan lokasi kejadian berada pada tanah lapukan batuan gunungapi berupa pasir tufaan, dengan karakteristik tanah lapuk berwarna kuning kecoklatan, kurang padu, agak gembur, karena penggunaan lahan di atasnya berupa sawah, maka tanah tersebut jenuh air," paparnya.

Simak video pilihan berikut ini:

Disebabkan Adanya Terowongan Tanah

Tim PATGTL Kementerian ESDM meninjau langsung amblesan tanah di Sukabumi. (Dok. Tim PATGTL/Huyogo Simbolon)

Berdasarkan pengamatan di lapangan, kata Rustam, penyebab terjadinya lubang raksasa adalah terowongan tanah yang melintas tepat di bawah lubang amblesan.

Dinding dan atap terowongan tanah tersebut sedikit demi sedikit tergerus oleh aliran air. Hal itu menyebabkan rongga bawah tanah yang ada semakin membesar dan tidak kuat menahan beban tanah di atasnya yang bertambah tingkat kejenuhan tanahnya akibat mulai turunnya hujan.

Untuk itu, pihaknya menyarankan perlu pembersihan sumbatan tanah amblesan dan sampah pada terowongan agar aliran air pada terowongan tetap terjaga. Dengan begitu, tidak terjadi akumulasi dan luapan air pada bagian tempat masuknya air.

Selain itu, perlu adanya penguatan pada dinding dan atap sepanjang terowongan tanah tersebut, agar tanah di atasnya tetap stabil.

"Memasuki musim hujan ini masyarakat sekitar agar tetap berhati-hati, karena kemungkinan terjadinya amblesan masih dapat terjadi. Sehingga pemasangan police line yang selama ini sudah dilakukan, perlu ditambahkan papan peringatan untuk tidak terlalu dekat dengan dinding amblesan yang terbentuk," tegasnya.

Ia menambahkan, masyarakat agar tetap waspada terhadap amblesan tanah, tapi tetap tidak panik dengan pemberitaan yang ada.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Food Station Tjipinang Ingatkan Bulog Tak Agresif Operasi Pasar

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) terkendali karena pasokan beras dari daerah masih normal.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya, Arief Prasetyo Adi menyatakan stok dalam gudang PIBC melimpah, tersimpan 40 ribu ton lebih beras.

Memang ada sedikit kenaikan harga sekitar 3 persen. Namun, menurut Arief, ini masih tergolong wajar dan cenderung sementara. Terlebih sebentar lagi petani akan panen raya.

"Tahun ini lebih terkontrol (kenaikan harga) dari sebelumnya, karena kenaikan harga pada periode bulan sebelumnya sama 3,8 persen tapi tahun lalu 7,4 persen," ujar Arief dalam keterangan tertulis, Senin (10/9/2018).

Dengan kondisi ini, Arief mengingatkan agar Bulog yang ditugasi melakukan operasi pasar beras untuk mengendalikan harga, tidak terlalu agresif.

Dia khawatir stok di pasar akan banjir dan membuat harga menjadi tertekan sehingga mengganggu petani. Terlebih mengingat pasokan dari daerah juga masih lancar sekitar 3 ribu-5 ribu ton per hari.

"OP Bulog dengan menyalurkan beras ke pasar retail tidak efektif dan tidak perlu. Ini justru akan menekan harga dan menyakiti petani yang secara bergantian di berbagai daerah sedang panen," tegas Arief.

Dia melanjutkan, selama ini petani mengeluhkan Harga Pembelian Pemerintah (HPP) yang terlampau rendah di angka Rp 3.700 per kilogram, karena di bawah biaya produksi. Adapun saat ini petani menikmati harga gabah yang baik, yaitu Rp 5.000-5.500 per kilogram (kg).

Operasi Pasar

Bulog menjamin cadangan beras medium di gudang masih aman. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Sebelumnya pemerintah melalui Menteri Perdagangan menugasi Perum Bulog untuk menyiapkan operasi pasar beras. Penugasan ini menjadi bagian dari langkah pemerintah menjaga inflasi 3,5 persen sesuai target Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Perum Bulog menyatakan siap menjalani penugasan ini, dengan stok beras sebanyak 2,2 juta ton. 

"Jumlah ini cukup untuk menjaga harga beras hingga musim panen berikutnya," ujar Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog Tri Wahyudi Saleh.

Terkendalinya harga dan pasokan beras, menunjukkan janji dan optimisme pemerintah untuk menjaga ketersediaan beras di tengah kemarau. Kekhawatiran akan menurunnya produksi karena sejumlah daerah penghasil beras mengalami kekeringan, sejauh ini belum terbukti. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2018 Usai Dovizioso Juara di Misano, Rossi Tergusur

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Pembalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso, sukses finis terdepan di MotoGP San Marino, Minggu (9/9/2018). Kemenangan itu membuat Dovizioso menggusur Valentino Rossi di klasemen sementara MotoGP 2018.

Dovizioso tampil gemilang di Misano World Circuit Marco Simoncelli. Sementara rider Repsol Honda, Marc Marquez harus puas finis kedua dalam balapan kemarin.

Podium ketiga MotoGP San Marino ditempati pembalap LCR Honda asal Inggris, Cal Crutchlow. Jorge Lorenzo yang menempati pole position mesti terjatuh ketika balapan MotoGP San Marino menyisakan dua lap lagi.

Lorenzo, yang juga rekan setim Dovizioso pun harus rela finis di urutan ke-17. Padahal, saat terjatuh, Lorenzo tengah berada di posisi kedua dalam balapan.

Pembalap Movistar Yamaha sekaligus legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi, hanya puas menyelesaikan balapan di urutan ketujuh. Hasil ini tidak mengubah pimpinan klasemen sementara MotoGP 2018.

Marc Marquez masih di puncak klasemen MotoGP 2018 dengan 221 poin. Sementara itu Dovizioso berhasil meraih tambahan poin 25 menjadi 154 poin.

Salip Rossi

Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso merayakan kemenangan menempati posisi pertama pada balapan MotoGP San Marino disusul Marc Marquez dan Cal Crutchlow di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano (9/9). (AFP FOTO / Tiziana Fabi)

Dovizioso pun menyalip kompatriotnya, Rossi di klasemen sementara. Dovi juga naik dua tingkat dari sebelumnya berada di urutan keempat dengan 129 poin.

Namun Dovizioso masih tertinggal cukup jauh dari Marquez. Perbedaan poinnya mencapai 67 poin. Dovizioso menggeser Rossi yang menjadi urutan ketiga dan Lorenzo menjadi urutan keempat.

MotoGP 2018 sendiri masih menyisakan enam balapan lagi. Persaingan belum berakhir dan balapan-balapan sengit masih akan terjadi tahun ini. Berikut klasemen MotoGP 2018.

Klasemen MotoGP

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 221 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 154 poin

3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 151 poin

4. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 124 poin

6. Cal Crutchlow (LCR Honda) 119 poin

7. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 110 poin

8. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 110 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 92 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 79 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 76 poin

12. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 64 poin

13. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 26 poin

17. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 19 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 14 poin

21. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

24. Michele Pirro (Ducati) 1 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rusia Tuduh AS Bombardir Suriah dengan Senjata Kimia, Pentagon Membantah

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Damaskus - Militer Rusia menyebut bahwa dua jet tempur F-15 Amerika Serikat telah menjatuhkan bom kimia jenis fosfor putih di Provinsi Deir ez-Zor, Suriah timur pada Sabtu 8 September 2018 --sebuah tudingan yang dibantah oleh Kementerian Pertahanan AS (Pentagon).

Tudingan itu banyak dilansir oleh sejumlah outlet media Rusia yang terafiliasi dengan pemerintah, seperti kantor berita TASS, Sputnik, RIA Novosti, RT dan lainnya, dengan mengutip sumber-sumber pejabat, perwira militer, dan lembaga pemerintah Rusia.

Serangan udara itu menargetkan Desa Hajin, kantung pertahanan terakhir kelompok teroris ISIS di Suriah, mengakibatkan kebakaran di beberapa titik. Namun, belum jelas apakah ada korban manusia yang terdampak.

"Seusai serangan, kebakaran terlihat di beberapa area. Belum ada informasi apakah ada korban manusia usai serangkaian bombardir itu," kata Letnan Jenderal Vladimir Savchenko dari Angkatan Bersenjata Rusia pada hari Minggu 9 September 2018, seperti dikutip dari RT (10/9/2018).

Pentagon menolak laporan Rusia bahwa AS menjatuhkan amunisi fosfor putih pada sasaran militer di Deir ez-Zor.

"Pada saat ini, kami belum menerima laporan apapun tentang penggunaan fosfor putih," kata juru bicara Pentagon, Sean Robertson pada hari Minggu 9 September 2018, seperti dikutip dari Voice of America.

"Tak ada satu pun unit militer (AS dan koalisi) yang dilengkapi dengan bom fosfor putih jenis apapun," tambahnya.

Laporan Terdahulu

Sebelumnya, organisasi pemantau hak asasi manusia di Suriah telah menuding bahwa AS dan koalisi telah menggunakan amunisi fosfor putih selama konflik melawan ISIS.

Bom-bom itu bisa membuat kepulan asap putih tebal dan digunakan sebagai alat pembakar.

Kelompok hak asasi mengkritik penggunaan amunisi mematikan itu di zona penduduk sipil karena efek pembakarannya dapat membunuh dan melukai orang-orang, serta secara umum dilarang oleh Konvensi Jenewa.

Koalisi AS kemungkinan pernah melakukan serangan udara pada Juli 2018 di Suriah timur di mana sisa-sisa militan ISIS bersembunyi, menurut laporan.

Ketegangan AS-Rusia telah meningkat dalam beberapa hari terakhir ketika pemerintahan Trump mempertimbangkan opsi militer jika Suriah mengabaikan peringatan Amerika terhadap penggunaan senjata kimia dalam serangan di Idlib, daerah kantong pemberontak besar terakhir yang menentang pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Jet Rusia dan Suriah kembali menyerang Idlib dan Hama pada hari Minggu 9 September saat Damaskus meningkatkan serangannya setelah KTT Rusia-Iran-Turki gagal mencapai suatu gencatan senjata.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Kemelut Tiga Negara di Suriah

Ekspresi Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (tengah) saat bersama Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) dan Presiden Iran Hassan Rouhani (kiri) setelah menggelar pertemuan terkait perdamaian Suriah di Ankara, Turki, Rabu (4/4). (AFP PHOTO/ADEM ALTAN)

Rusia, Turki, dan Iran terlibat dalam Perang Saudara Suriah. Rusia dan Iran telah memberikan dukungan mereka kepada pemerintahan Presiden Bashar Assad untuk membantu menghancurkan gerakan dan kelompok pemberontakan yang meletus pada 2011 dan kemudian memicu perang menahun.

Sementara itu, Turki telah melakukan campur tangan untuk memasok pemberontak Suriah di utara guna mencegah perluasan kelompok Kurdi di sepanjang perbatasannya. Turki juga memiliki 12 pos terdepan militer di Provinsi Idlib, pusat dari wilayah yang masih dikuasai oposisi Suriah.

Kendati demikian, ketiga negara tersebut berhati-hati untuk menghindari konflik langsung satu sama lain di Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada hari Jumat mendesak rekan-rekannya untuk menerima gencatan senjata dan mencegah "pertumpahan darah" di Idlib. Namun Presiden Rusia Vladimir Putin menyerukan "penghancuran total teroris di Suriah," sementara Presiden Iran Hassan Rouhani berbicara tentang "membersihkan wilayah teroris di Idlib."

PBB telah memperingatkan bahwa pertempuran di Idlib dan Hama akan memicu bencana kemanusiaan. Lebih dari 3 juta orang tinggal di wilayah itu, hampir setengah dari mereka sudah mengungsi ke tempat lain di Suriah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Semarak Kite Festival, Ratusan Layang-Layang Mengudara di Langit Prancis

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Sebuah layang-layang terbang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu merupakan salah satu festival layang-layang terbesar di dunia. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Sebuah layang-layang terbang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu merupakan salah satu festival layang-layang terbesar di dunia. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu menjadi festival layang-layang terbesar di Eropa. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu menjadi festival layang-layang terbesar di Eropa. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Acara yang diadakan hingga 16 September ini mengumpulkan ribuan orang dari 34 negara. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Acara yang diadakan hingga 16 September ini mengumpulkan ribuan orang dari 34 negara. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang mengambil gambar selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu merupakan salah satu festival layang-layang terbesar di dunia. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang mengambil gambar selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu merupakan salah satu festival layang-layang terbesar di dunia. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Seorang gadis menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu menjadi festival layang-layang terbesar di Eropa. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Seorang gadis menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Festival setiap dua tahun sekali sejak 1980 itu menjadi festival layang-layang terbesar di Eropa. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Acara yang diadakan hingga 16 September ini mengumpulkan ribuan orang dari 34 negara. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

Orang-orang menerbangkan layang-layang selama Festival Layang-layang Internasional Dieppe ke-20 di Dieppe, Prancis, Minggu (9/9). Acara yang diadakan hingga 16 September ini mengumpulkan ribuan orang dari 34 negara. (AFP/CHARLY TRIBALLEAU)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini yang Bikin Dinar Candy Kepincut Billy Syahputra

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sukses dalam karier tak membuat Dinar Candy lupa dengan kehidupan asmara. Disc jockey (DJ) seksi itu beberapa kali gonta-ganti kekasih, tapi belum ada yang bisa diajak serius ke pelaminan.

Menariknya, Dinar Candy membuat pernyataan mengejutkan tentang sosok Billy Syahputra. Dinar mengaku tertarik untuk menggantikan posisi Hillda Vitria sebagai kekasih Billy Syahputra.

"Oh siap banget gantikan Hilda. Lagian gue single. Kalau dia suka ya enggak apa-apa," ucap Dinar Candy di Jakarta baru-baru ini.

Dinar Candy punya alasan unik mengapa dirinya suka dengan Billy Syahputra. Bentuk tubuh Billy yang gendut, menjadi nilai plus di mata cewek 26 tahun tersebut.

 

Simak juga video berikut ini:

Cowok Gendut

Billy Syahputra (Kapanlagi.com)

"Dia ganteng, terus body-nya tipe Dinar banget. Orangnya baik kayaknya. Dinar tertarik karena tipenya kayak gendut-gendut gitu," ceplosnya.

Ucapan itu terlontar bukan tanpa alasan. Dinar Candy mengaku punya banyak pengalaman buruk tiap menjalin asmara dengan pria bertubuh kekar.

Pengalaman Buruk

Disc Jockey (DJ) Dinar Candy  (instagram/dinar_candy)

"Kalau berotot enggak mau, kebanyakan simpanan tante-tante. Karena beberapa kali Dinar sama yang berotot dan tubuhnya bagus (atletis) ketemu di mal gandengan sama tante dan buang muka pura-pura enggak kenal. Sudah tiga kali kejadian," jelas Dinar Candy.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Obor Asian Para Games Diarak Keliling Ternate

Posted: 09 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi serta Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari meyalakan lentera api dan obor Asian Para Games 2018 di halaman kadaton Kesultanan Ternate, Maluku utara.

Usai penyalaan, api obor Asian Para Games langsung diserahkan ke atlet disabilitas dan diarak ke kantor wali kota Ternate sejauh 2 kilometer.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Kirim Surat Perpisahan

Posted: 09 Sep 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jack Ma baru saja mengumumkan dirinya akan melepas posisi chairman dari dewan direksi Alibaba. Dia telah menunjuk Daniel Zhan, yang kini menjabat sebagai CEO, menjadi suksesornya.

Kepastian informasi ini diungkap oleh Jack Ma melalui surat yang ditujukan untuk para konsumen, karyawan, termasuk direksi Alibaba. Proses transisi kepemimpinan Alibaba ini akan berlangsung selama satu tahun.

Kendati demikian, Jack Ma mengaku tidak akan langsung meninggalkan Alibaba. Dirinya masih akan bertahan di jajaran dewan direksi hingga 2020 saat pertemuan tahunan para pemegang saham.

Penasaran dengan surat yang dibuat Jack Ma tersebut? Berikut ini adalah isi lengkap surat dari salah satu orang terkaya di Tiongkok yang diterima Tekno Liputan6.com, Senin (10/9/2018).

Surat dari Jack Ma, Pendiri dan Executive Chairman Alibaba Group

Kepada pelanggan Alibaba, Aliren (karyawan Alibaba), dan para pemangku kepentingan,

Hari ini, bertepatan dengan peringatan ulang tahun Alibaba yang ke 19, saya dengan senang hati menyampaikan sebuah berita gembira: Jajaran direksi telah menyetujui bahwa satu tahun dari sekarang, yaitu 10 September 2019 yang juga merupakan ulang tahun Alibaba yang ke 20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan posisi saya sebagai Chairman of the Board Alibaba Group.

Dalam 12 bulan ke depan, saya akan bekerja berdampingan dengan Daniel untuk memastikan transisi kepemimpinan ini berjalan dengan lancar.

Setelah itu, saya akan tetap berada dalam jajaran direksi Alibaba hingga Rapat Umum Pemegang Saham tahun 2020.

Saya telah banyak memikirkan dan mempersiapkan rencana suksesi ini selama sepuluh tahun terakhir. Berkat dukungan Alibaba Partnership dan jajaran direksi, saya sangat senang bisa mengumumkan rencana ini hari ini.

Saya hendak berterima kasih kepada seluruh rekan di Alibaba dan keluarga Anda, karena kepercayaan, dukungan, dan kerja sama kita selama 19 tahun ini telah mempersiapkan kita untuk apa yang dicapai hari ini dengan penuh kepercayaan diri dan kekuatan.

Transisi ini menunjukkan bahwa Alibaba telah naik ke level pengelolaan perusahaan ke tingkatan selanjutnya, dari perusahaan yang mengandalkan individu-individu, ke perusahaan yang dibangun dengan sistem pengelolaan perusahaan berstandar tinggi serta budaya pengembangan talenta.

Kisah Alibaba

Presiden Joko Widodo menerima CEO Alibaba Jack Ma di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9). Dalam pertemuan tersebut pemerintah Indonesia mengusulkan kepada Jack Ma agar membuat Jack Ma institut di Indonesia.(Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Saat Alibaba didirikan pada tahun 1999, tujuan kami adalah membangun perusahaan yang bisa menjadi kebanggaan Tiongkok dan dunia serta perusahaan yang bisa berdiri selama 102 tahun.

Namun, kami semua tahu bahwa tidak ada yang bisa hidup dan berada di perusahaan selama 102 tahun. Keberlanjutan Alibaba harus dibangun dengan pengelolaan yang kuat, filosofi berbasis budaya, dan konsistensi dalam pengembangan talenta.

Tidak ada perusahaan yang bisa sepenuhnya mengandalkan para pendirinya. Tentunya, dari semua orang yang ada, saya harus memahami hal tersebut. Karena batasan-batasan fisik tentang kemampuan dan energi seseorang, tidak ada orang yang bisa memikul tanggung jawab seorang Chairman dan CEO selamanya.

Kami menanyakan pertanyaan ini pada diri kami 10 tahun lalu - bagaimana Alibaba bisa mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan setelah Jack Ma meninggalkan perusahaan?

Kami percaya satu-satunya cara memecahkan permasalahan suksesi kepemimpinan perusahaan adalah dengan mengembangkan sistem pengelolaan perusahaan berdasarkan budaya yang unik dan mekanisme untuk mengembangkan talenta dan penerus perusahaan secara konsisten. Selama 10 tahun, kami terus mengembangkan hal-hal ini.

Sebagai orang yang pernah berprofesi sebagai guru, saya sangat bangga akan apa yang saya telah capai. Para guru selalu ingin murid-muridnya lebih sukses dari dirinya sendiri, oleh karena itu, saya dan perusahaan bertanggung jawab untuk menjadikan generasi yang lebih muda dan lebih berbakat untuk mengambil alih peran-peran kepemimpinan agar mereka bisa mewariskan misi kita untuk "memudahkan seluruh masyarakat untuk melakukan bisnis di mana saja.

"Saya sangat ingin melanjutkan misi ini untuk membantu UMKM; kaum muda dan perempuan di seluruh dunia. Ini bukan sekadar maksud kami saat hari pertama kami membangun Alibaba, tapi saya merasa sangat bersyukur telah mendapatkan kesempatan ini. Mewujudkan mimpi di balik misi ini membutuhkan partisipasi dari lebih banyak orang lagi, tidak hanya Jack Ma dan upaya terus-menerus para Aliren dari generasi hingga ke generasi berikutnya.

Alibaba menjadi hebat bukan karena skala bisnis dan pencapaian kami. Hal terbaik tentang Alibaba adalah kami saling bekerja sama di bawah satu visi dan misi.

Sistem kerja sama, kultur yang unik, dan tim yang berbakat telah menjadi fondasi yang kuat bagi perusahaan kami. Nyatanya, sejak saya memberikan posisi CEO saya pada tahun 2013, perusahaan ini telah berjalan dengan sangat baik selama lima tahun.

Apresiasi Jack Ma untuk Daniel Zhang

Presiden Joko Widodo berbincang dengan CEO Alibaba Jack Ma di Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/9). Tujuan membuat Jack Ma Institut di Indonesia untuk mengembangkan sumber daya manusia dalam bidang ekonomi digital. (Liputan6.com/Pool/Biro Pers Setpres)

Sistem kemitraan yang kami kembangkan adalah solusi kreatif untuk tata kelola dan keberlanjutan usaha yang baik, selagi perusahaan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi perusahaan besar: terus berinovasi, suksesi kepemimpinan, akuntabilitas dan keberlanjutan budaya.

Selama bertahun-tahun, dalam upaya membentuk model manajemen kami, kami telah melakukan eksperimen dan melakukan perbaikan-perbaikan untuk menyeimbangkan antara sistem dan individu-individu.

Kita tidak akan bisa memecahkan masalah jika hanya mengandalkan individu atau hanya mengikuti sistem.

Untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang berkelanjutan, kita memerlukan keseimbangan antara sistem, sumber daya manusia, dan budaya.

Saya sangat percaya bahwa sistem kemitraan kami dan upaya-upaya untuk menjaga budaya kami akan didukung dan dicintai para pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.

Sejak dibangun pada tahun 1999, kami telah melihat bahwa masa depan Alibaba akan lebih bergantung pada "kumpulan orang-orang berbakat" untuk memungkinkan kami meneruskan rencana suksesi manajemen.

Kerja keras kami selama bertahun-tahun telah membuat Alibaba sebagai pusat orang-orang berbakat di dunia, secara kualitas dan kuantitas.

Guru di dalam diri saya sangat bangga dengan pencapaian tim kita, kepemimpinan kita, dan kultur unik yang mendorong misi perusahaan, serta bagaimana kita dapat terus melahirkan pemimpin-pemimpin hebat dan profesional seperti Daniel Zhang.

Daniel telah bersama Alibaba Group selama 11 tahun. Sejak ia mengambil alih posisi CEO, ia telah menunjukkan talenta luar biasa, kemampuan bisnis, dan kepemimpinan yang teguh.

Di bawah kepemimpinannya, Alibaba telah menghasilkan pertumbuhan yang konsisten dan berkelanjutan selama 13 triwulan berturut-turut. Pemikiran analisisnya sulit ditandingi, ia sangat memegang teguh misi dan visi kami, ia merengkuh tanggung jawabnya dengan penuh semangat, dan ia memiliki keberanian untuk berinovasi serta menguji model-model bisnis yang kreatif.

Atas kerja kerasnya, ia pantas disebut sebagai CEO No 1 tahun 2018 oleh media bisnis di Tiongkok. Ia dan timnya telah mendapat kepercayaan dan dukungan dari para pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.

Saya merasa keputusan untuk mengoper tongkat kepemimpinan Alibaba kepada Daniel dan timnya merupakan keputusan yang tepat di waktu yang tepat. Setelah bekerja sama dengan mereka saya yakin bahwa mereka sudah siap dan saya memiliki kepercayaan penuh kepada generasi kepemimpinan kami selanjutnya.

Bagi diri saya sendiri, saya masih memiliki banyak mimpi yang hendak saya wujudkan. Mereka yang mengenal saya tahu kalau saya tidak bisa duduk diam.

Saya berencana untuk terus menjalankan peran saya sebagai pendiri dari Alibaba Partnership dan terus berkontribusi dalam kerja sama ini.

Saya juga ingin kembali ke dunia pendidikan, dunia yang selalu memberikan saya kebahagiaan karena saya mencintai apa yang saya lakukan.

Dunia ini sangat besar dan saya masih muda, maka saya akan terus mencoba hal baru - saya bisa mewujudkan mimpi baru, bukan?

Satu hal yang bisa saya janjikan kepada semua orang adalah: Alibaba was never about Jack Ma, but Jack Ma will forever belong to Alibaba. 

Jack Ma

September 10, 2018

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Varietas "Tawangmangu Baru" Didorong untuk Swasembada Bawang Putih

Posted: 09 Sep 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian menargetkan tahun 2019 Indonesia sudah bisa memenuhi kebutuhan benih bawang putih. Hal ini merupakan tahapan penting sebelum mencapai swasembada bawang putih 2021. Berbagai varietas lokal maupun impor yang adaptif seperti Lumbu Hijau, Lumbu Kuning, Lumbu Putih, Sangga Sembalun, Tawangmangu Baru dan Great Black Leaf (GBL) asal Taiwan terus dikembangkan sebagai bahan produksi benih.

Salah satu jenis bawang putih lokal yang cocok dikembangkan karena produktivitasnya tinggi Tawangmangu baru (TMB). Varietas tersebut awalnya berkembang dari kawasan penghasil sayuran di daerah Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah. TMB resmi terdaftar di Kementerian Pertanian sejak 1 November 1989. Varietas tersebut banyak ditanam di daerah Tegal, Wonosobo, Banjarnegara, Temanggung, Magelang, Magetan dan Karanganyar sendiri.

"Hasil panen bawang putih Tawangmangu Baru sangat baik, umbinya besar-besar, pertumbuhan bagus dan batangnya kokoh. Kalau jenis ini dikembangkan luas, kita makin optimis swasembada bawang putih tercapai tahun 2021," ujar Prihasto Setyanto, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat saat melakukan kunjungan kerja monitoring tanam bawang putih kerjasama kelompoktani dengan importir di Dusun Pancot, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah pada Sabtu (08/09).

Diidampingi Kasubdit Bawang, Agung Sunusi, dan pejabat dinas pertanian setempat, Prihasto menyatakan selain produktivitas tinggi TMB juga punya beberapa keunggulan. Jenis bawang putih ini bisa dipanen pada umur 110 hingga 140 hari. Tinggi tanaman bisa mencapai 60 sampai 80 cm. Sesuai ditanam di lahan berketinggian diatas 1.000 mdpl. Siungnya berwarna putih keunguan. Aromanya sangat kuat sehingga cocok untuk bumbu masakan.

"Ke depan jenis ini akan didorong dorong produksi maupun produktivitasnya. Selain untuk konsumsi, juga dijadikan bakal benih untuk musim tanam berikutnya," jelas Prihasto. "Kita terus kejar produksi benih unggul lokal, karena saat benih kurang dan permintaan tinggi seperti sekarang ini rawan peredaran benih palsu atau oplosan sehingga perlu pengawasan yang intensif terhadap peredaran benih. Kementerian Pertanian tak henti-hentinya mengingatkan semua pihak untuk waspada," tambahnya serius.

 

Tawangmangu baru bisa dipanen pada umur 110 hingga 140 hari. Tinggi tanaman bisa mencapai 60 sampai 80 cm.

Harga bawang putih TMB kering konsumsi terpantau di kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 40ribu. Sementara harga konde basah di tingkat petani saat ini Rp 20 ribu per kilogram. Bawang jenis ini banyak diminati para pelaku usaha kuliner. Pemasarannya baru menjangkau wilayah Solo Raya dan sekitarnya.

Suratno, ketua kelompok tani Galang Mitra Sejahtera menyebut produktivitas jenis TMB yang ditanam di Kalisoro bisa mencapai 15 hingga 20 ton per hektar panen basah.

"Petani disini sudah puluhan tahun menanam bawang putih tumpangsari dengan sayuran lain seperti wortel, bawang daun dan kubis. Untuk hasil optimal, akhir April kami harus sudah tanam bawang putih. Paling lambat Juni tanam, kalau lewat bulan tersebut hasilnya kurang bagus," ujar Suratno.

Saat ditanya kunci sukses budidaya bawang putih, Suratno menyebut faktor benih, pupuk dan air.

"Petani disini sudah fanatik maunya tanam benih Tawangmangu Baru. Kami pakai jarak tanam 15x15 cm. Pupuk yang kami pakai yaitu pupuk kandang 10 ton per hektar, Pupuk Organik 1,6 ton per hektar dan NPK 300 kg per hektar dengan cara dilarutkan ke air lalu di berikan ke tanaman dengan cara dikocor," beber Ratno.

"Air tersedia melimpah disini, kalau musim kemarau tinggal pakai sprinkle. Justru kalau ditanam di musim hujan hasilnya jelek," tukasnya.

"Petani kami siap mendukung program swasembada pemerintah. Kami harap dukungan pemerintah mencetak penangkar-penangkar benih baru, agar nantinya ketersediaan benih TMB bersertifikat bisa meningkat," pungkas Suratno.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Diyakini Senang Menjadi Manajer MU

Posted: 09 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Claude Makalele meyakini Jose Mourinho mencintai pekerjaannya sebagai manajer Manchester United (MU). Dia menilai pria Portugal itu adalah sosok yang selalu dekat dengan sepak bola dan bekerja keras.

Kualitas Mourinho sebagai manajer MU memang terus diragukan dewasa ini. Mantan manajer Chelsea ini dinilai tidak pantas menangani klub berjuluk Setan Merah itu.

Taktik Mourinho yang defensif bukanlah identitas tim sebesar MU. Dia dianggap tidak berjodoh dengan klub kota Manchester tersebut.

Meski demikian, Makalele justru merasa sebaliknya. Dia yakin Mourinho merupakan orang yang tepat untuk MU. Menurutnya, Mourinho adalah sosok yang mau terus bersaing dan meningkatkan kemampuan pemainnya.

Makalele percaya Mourinho akan mengembangkan MU dengan pemain yang ada saat ini.

Berkembang

Manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho mengintruksikan pemainnya saat bertanding melawan Brighton & Hove Albion pada lanjutan Liga Inggris di stadion Amex, Brighton, (19/8). Brighton & Hove Albion berhasil mengalahkan MU 3-2. (AP Photo/Alastair Grant)

Menurut Makelele, Mourinho jelas salah satu pelatih terbaik yang pernah ada. Ia mengaku banyak mengambil pelajaran semasa bermain di bawah bimbingan Mourinho.

Dia menilai Mourinho adalah pelatih yang selalu ingin berkembang bersama pemainnya. Mourinho, tambahnya, selalu menjalin hubungan dekat dengan pemain.

"Saya pkir Jose (Mourinho) mencintai pekerjaan yang dia lakukan. Dia mencintai sepak bola," kata mantan pemain timnas Prancis itu di fourfourtwo.

"Dia adalah salah satu pelatih terbaik, saya mempelajari banyak hal bersama dia. Dia adalah kompetitior. Dia ingin memberikan cinta pada pemainnya sepanjang waktu."

"Dia ingin berkembang dengan pemain yang dia miliki," sambungnya.

Bertahan

Di dunia sepak bola yang terus berubah, Makalele memuji kemampuan Mourinho terus bertahan di segala kondisi. Menurutnya, pelatih seperti Mourinho adalah sosok yang bisa menjajal banyak liga-liga berbeda.

"Terkadang di semua tempat rasanya berbeda. Sepak bola banyak berubah, seperti hitam dan putih, hitam dan putih, dan dia (Mourinho) tetap di sana."

"Saya mendoakan dia beruntung di Premier League musim ini," tutupnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Film Pendek Kado Menang di Festival Film Internasional Venice 2018

Posted: 09 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagi-lagi Indonesia dibuat bangga oleh sineas muda berbakat Tanah Air. Film pendek bertajuk Kado (A Gift) karya sutradara muda Aditya Ahmad meraih kemenangan di Festival Film Internasional Venice 2018, Italia.

Film Kado yang juga disutradarai Mira Lesmana dan Riri Riza ini berhasil membawa pulang penghargaan dalam kategori film pendek terbaik. Kabar bahagia ini diumumkan langsung oleh Mira Lesmana melalui Instagram pribadinya.

"Kami sangat gembira untuk membagikan kabar baik dari Venice La Biennale: Miles Films' new short film KADO (A Gift) oleh Aditya Ahmad telah memenangkan film pendek terbaik di Orizzonti - 75th Venice International Film Festival 2018," tulis Mira Lesmana di kolom keterangan.

Dalam foto, Mira Lesmana dan Riri Riza bersama Aditya Ahmad dengan bangga memamerkan piala kemenangan atas film Kado ini. "Selamat @ditsmad, kami sangat bangga padamu! selamat juga untuk semua kru dan pemain," katanya.

Penghargaan Pertama

Film pendek Kado raih penghargaan di Festival Film Internasional Venice ke-75. [foto: instagram/mirles]

Pada 2014 silam, film pendek garapannya yang bertajuk Sepatu Baru berhasil meraih penghargaan Special Mention untuk kategori Generation Kplus di Festival Film bergengsi Berlinale (Berline International Film Festival).

Film Sepatu Baru tersebut sejatinya merupakan tugas akhir Aditya saat menempuh pendidikan di Institut Kesenian Makassar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pria Bawa Pisau Tusuk Turis Paris Membabi Buta

Posted: 09 Sep 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tujuh orang dikabarkan terluka, empat di antaranya bahkan dalam kondisi sangat serius, akibat serangan seorang pria bersenjata pisau dan batang besi di ibu kota Prancis, Paris, pada Minggu, 9 September.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengacara: Setya Novanto Berusaha Pengaruhi Kesaksian Eni di Suap PLTU

Posted: 09 Sep 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara tersangka kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1, Eni Saragih, membenarkan adanya pertemuan antara kliennya dengan mantan Ketua DPR Setya Novanto di dalam Rutan KPK. Dalam pertemuan itu, Novanto berupaya memengaruhi kesaksian Eni Saragih dalam kasus PLTU Riau-1.

"Pak SN (Setya Novanto) berupaya memengaruhi kesaksian Bu Eni," kata Pengacara Eni, Fadli Nasution, saat dikonfirmasi, Senin (10/9/2018).

Menurut Fadli, mantan Ketum Golkar itu juga meminta Eni Saragih agar tidak membuat keterangan soal perannya dalam kasus PLTU Riau-1. Padahal, kata dia, Novanto merupakan pihak yang memerintahkan Eni mengawal proyek tersebut.

"Pak SN minta Bu Eni tidak membuat keterangan di BAP (Berita Acara Pemeriksaan) tentang peran pak SN dalam proyek PLTU Riau-1. Padahal beliau pelaku utamanya bersama-sama dengan Pak Kotjo (Johannes Budisutrisno Kotjo, pemilik PT Blackgold Natural Insurance Limited)," jelas Fadli.

Sebelumnya, Eni mengaku didatangi Setya Novanto di Rutan KPK. Eni menuturkan Novanto menyampaikan sejumlah hal yang membuatnya tak nyaman.

"Yang pasti sudah saya sampaikan kepada penyidik, ya memang apa yang disampaikan oleh Pak Novanto membuat saya kurang nyaman," kata Eni Saragih di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat 7 September 2018.

 

Dapat Perintah

Sebagai informasi, Eni pernah mengatakan, mendapat perintah dari Setya Novanto untuk mengawal proyek pembangunan PLTU Riau-1. Eni juga mengaku mengenal pengusaha Johannes B Kotjo hingga Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir, melalui Novanto.

"Apa perintah-perintah dari tentunya bermula dari sebelum saya kenal Pak Kotjo, ya itu perintah dari Pak Setya Novanto," kata Eni usai diperiksa di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu 5 September 2018.

Pada kasus ini, KPK baru menetapkan tiga orang sebagai tersangka, yakni Eni Maulani Saragih, pemilik Blackgold Natural Insurance Limited Johanes Budisutrino Kotjo, dan mantan Sekjen Golkar Idrus Marham. Idrus diduga secara bersama-sama dengan Eni menerima hadiah atau janji dari Johanes terkait kasus ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seperti Ini Developer yang Baik!

Posted: 09 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta – Sebelum membeli unit properti, sangat penting mengetahui reputasi dari pengembang tersebut. Banyak orang yang mudah tergiur dengan penawaran menarik sales properti.

Biasanya, tenaga penjualan properti memang sering memberi iming-iming kemudahan pembayaran beserta presentasi singkat proyek lewat media brosur.

Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa pengembang tersebut benar-benar bisa mewujudkan proyeknya sesuai dengan yang dijanjikan? Apakah pengembang ini pernah membuat proyek serupa dan seberapa besar komitmennya untuk membuat konsumen merasa puas?

Jangan dulu beli rumah atau apartemen di pinggir kota tanpa menyimak ulasan wilayahnya di Area Insider Rumah.com!

Sangat penting melakukan riset mendalam mengenai profil pengembang properti. Mulai dari proyek yang pernah dikerjakan, Anda bisa mendapatkan banyak informasi penting. Misalnya, apakah mereka menyelesaikannya tepat waktu?

Bagaimana review dari para penghuni atau pembeli properti? Pengembang yang baik tidak hanya membangun sebuah properti, namun juga meningkatkan harga jual beserta prospek investasi di masa depan. Lalu seperti apa ciri pengembang yang baik dan berkualitas?

Visi yang Jelas

Beberapa proyek perumahan atau apartemen dibuat standar dan umum: beberapa unit hunian dan fasilitas umum seperti taman, kolam renang dan jogging track.

Di sisi lain, ada beberapa pengembang yang memikirkan konsep mendalam ketika membangun perumahan. Misalnya unit huniannya dikelilingi fasilitas dan gaya hidup lengkap, seperti rekreasi, komersial dan pusat bisnis. Hal seperti ini yang bisa memberi keuntungan besar bagi penghuni rumah.

Lantaran para konsumen bisa menjangkau segala kebutuhan dan aktivitas sehari-hari hanya dengan berjalan kaki. Mereka bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari, bertemu teman, makan malam di luar atau menonton film terbaru di bioskop.

(Mau beli apartemen? Simulasikan dulu cicilan KPA Anda perbulannya lewat Kalkulator KPA dari Rumah.com)

Kedua, pengembang mengandeng perusahaan besar untuk bekerjasama mendirikan cabang baru di dekat area hunian. Dan ketiga, seiring berjalannya waktu, area hunian akan menjadi ramai dan membuka peluang pekerjaan bagi warga sekitar.

Jadi, visi yang ditawarkan pengembang tidak sebatas membangun sebuah tempat tinggal nyaman namun membangun area yang memenuhi standar gaya hidup. Seperti yang dilakukan PT Jaya Real Property (JRP), Tbk.

Developer besar ini sukses mengembangkan kota mandiri Bintaro Jaya yang berdiri di lahan seluas 2.499 hektare. Sejak tahun 1979, Jaya Group mulai mengembangkannya dengan konsep kawasan sebagai pusat hunian baru yang saling terintegrasi.

Kepastian Penyelesaian

Pengembang yang kredibel dan bertanggung jawab harus punya kalender konstruksi yang jelas. Mereka juga harus punya modal yang cukup untuk menyelesaikan proyek dalam waktu beberapa tahun ke depan.

Ketika peluncuran proyek, pengembang biasanya mengumumkan rencana pembangunan, mulai dari anggaran keuangan, jumlah unit yang dipasarkan, dan target waktu serah terima. Anda bisa mengecek hal ini dari pemberitaan pers/media, baik online maupun offline.

(Cek Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga rumah per kuartal di berbagai lokasi favorit)

"Menjaga komitmen sangat penting. Termasuk janji serah terima produk. Kalau kami janjikan dua tahun rampung, ya harus dipenuhi janji itu. Meleset sedikit, konsumen tidak akan percaya lagi," tutur Manajer Pemasaran Bintaro Plaza Residences, Dimas Prasasto.

Komitmen itu dibuktikan melalui serah terima menara pertama Altiz di proyek Kondominium Bintaro Plaza Residences yang maju empat bulan lebih cepat.

Terjadwal Desember 2015, tapi realisasinya terjadi pada Agustus 2015. Bahkan legalitas Sertifikat Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) sudah terbit. "Telah terbitnya SHMSRS unit merupakan kewajiban kami terhadap hak konsumen," imbuhnya.

Dari 642 unit Altiz Tower, saat ini semuanya sudah habis terjual. Sebanyak 90% unit telah dihuni baik oleh eksekutif domestik maupun ekspatriat asing. Sehingga tarif sewa (rental rate) Altiz tower pada tahun ini mencapai 10% per tahun.

 

Sukses di Proyek Sebelumnya

Sangat penting untuk mengetahui sepak terjang pengembang dari proyek yang pernah diselesaikannya. Opini publik menjadi tolok ukur yang ideal untuk mengetahui sebaik apa hasil kerja pengembang.

Atau Anda bisa mengecek proyek sebelumnya dari website perusahaan, kemudian riset setiap proyek lewat berbagai sumber: opini dari penghuni rumah, atau pemberitaan dari media masa. Informasi seperti ini juga bisa Anda simak di Review Properti dari Rumah.com.

Untuk Jaya Real Property, keberhasilan dari proyek sebelumnya sangat menjadi concern agar mampu menarik konsumen baru maupun repeat order

Untuk kenyamanan dan keamanan dalam membeli apartemen gunakan jasa agen properti dengan spesialisasi apartemen di Rumah.com.

Mengikuti kesuksesan tower pertama, tower kedua apartemen Bintaro Plaza Residence (BPR) Breeze Tower sudah terjual hingga 81% dari total 930 unit. Menjelang akhir masa penjualan, BPR tetap memberikan kemudahan cara bayar kepada calon konsumennya.

"Dengan harga mulai Rp500 jutaan, konsumen sudah bisa merasakan manfaat berinvestasi di apartemen ini pada awal 2019 saat serah terima bertahap dimulai," Dimas menambahkan.

Terakhir, Keuangan Stabil

Pengembang properti yang memiliki modal terbatas cenderung menunda proyek pembangunannya atau yang lebih buruk, menggunakan material dibawah standar. Untuk itu Anda perlu mengecek kondisi finansial sebagai bagian dari investigasi.

Kondisi keuangan perusahaan bisa dicek dari laporan bisnisnya. Biasanya mereka yang bekerja di industri media/berita memiliki data lengkap mengenai performa perusahaan besar.

Kondisi keuangan yang sehat juga ditandai dari berapa unit properti yang sudah terjual, atau kesuksesan dari pembangunan fase pertama. Dengan demikian Anda bisa meyakini bahwa si developer sudah punya "pundi-pundi" modal yang cukup untuk melanjutkan proyeknya.

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Zodiak yang Punya Pemikiran Terbuka dan Anti-Menghakimi Orang Lain

Posted: 09 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bersikap terbuka atau open minded tentu adalah hal yang luar biasa, karena Anda tidak menghakimi, tidak bias, dan dapat melihat berbagai hal dari berbagai sudut pandang. Sebab ada beberapa zodiak yang lebih cenderung mendengarkan apa yang dikatakan orang lain.

Dilansir dari yourtango.com, Senin (10/9/2018), berikut ini adalah zodiak yang tidak pernah bersikap bias, walau memiliki pikiran dan sikap yang sangat terbuka. Penasaran siapa saja?

1. Aquarius

Zodiak Aquarius dikenal karena pikirannya yang terbuka. Mereka tidak hanya terbuka untuk kualitas unik yang dimiliki orang lain, namun juga sangat menerima betapa berbedanya mereka dari orang lain.

Zodiak ini lebih suka diperhatikan dengan cara mereka menampilkan diri sendiri. Aquarius juga tidak suka diberi label, sehingga mereka cenderung tidak memberi label pada orang lain.

2. Gemini

Gemini adalah zodiak yang memiliki pendapat dan keyakinan sendiri, namun tidak mencegah mereka untuk tetap menghormati keputusan yang dibuat orang lain. Zodiak ini senang berbicara tentang ide-ide mereka yang berbeda dan jika ada orang lain yang memiliki argumen, mereka lebih senang untuk mendengarkan.

 

Sagitarius dan Pisces

Ilustrasi Zodiak (iStockPhoto)

3. Sagitarius

Sagitarius adalah zodiak yang cenderung tidak biasa, tidak diskriminatif, dan bekerja tanpa prasangka. Mereka suka mencoba hal-hal baru, bahkan jika hal tersebut adalah sesuatu yang mengintimidasi.

Jika mereka tidak menyukainya, setidaknya mereka telah mencoba. Sagitarius tidak takut menjadi zodiak yang berbeda, aneh, atau baru.

4. Pisces

Pisces memiliki rasa ingin tahu mendalam tentang kehidupan dan selalu mencari hal-hal baru untuk menginspirasi mereka. Zodiak ini juga suka bereksperimen dan melakukan hal-hal rutin dengan cara yang berbeda.

Libra dan Aries

Ilustrasi Zodiak (iStockPhoto)

5. Libra

Libra adalah zodiak yang memiliki pendapat sendiri, namun hal tersebut tidak menghentikan mereka untuk bersikap terbuka terhadap pikiran dan kepercayaan orang lain. Zodiak ini memiliki kemampuan untuk melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain dan berempati.

6. Aries

Aries adalah zodiak yang selalu siap akan hal-hal yang ingin mereka lakukan. Mereka pandai belajar dari pengalaman dan senang dengan hal-hal yang baru.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat Asian Games 2018, Belanja Iklan Dekati Rp 5 Triliun

Posted: 09 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kalangan di dalam dan luar negeri mengapresiasi keberhasilan penyelenggaraan acara pesta olahraga terbesar se-Asia, yaitu Asian Games 2018.

Dari sisi prestasi, Indonesia juga mencatat sejarah rekor baru negara di kawasan Asia Tenggara yang sukses meraih capaian tertinggi dalam hal peringkat dan medali Asian Games 2018 dengan menyabet juara ke-4 lewat perolehan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Lalu, bagaimana dampak dari kegiatan Asian Games 2018 ini terhadap pertumbuhan dan pendapatan iklan di televisi lokal?  

Hasil monitoring iklan televisi (TV) Adstensity menunjukkan pada periode Asian Games 2018 (18 Agustus - 2 September 2018), total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional berhasil mendekati Rp 5 triliun, atau persisnya mencapai Rp 4,98 triliun. Demikian kutip keterangan tertulis, Senin (10/9/2018).

Khusus untuk kedua stasiun TV milik Surya Citra Media (SCM) (SCTV dan Indosiar), sebagai pemegang hak siar Asian Games 2018 di Indonesia, belanja iklan SCM tercatat sebesar Rp 1,29 triliun atau 25,92 persen dari total belanja iklan di 13 stasiun TV nasional.

Adapun, pengiklan terbesar di SCM didominasi oleh Bukalapak.com dengan total belanja iklan sebesar Rp 77,11 miliar. Kemudian disusul Grab dari industri transportasi yang keluarkan dana belanja iklan sebesar Rp 29,10 miliar.

Selanjutnya di posisi ke-3 yaitu Samsung dari industri gawai dan komputer dengan belanja iklan Rp 24,53 miliar. Posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Telkomsel dari industri telekomunikasi dengan belanja iklan Rp 21,72 miliar. Selain itu, BRI dari industri layanan keuangan dengan belanja iklan Rp 21,48 miliar.

Slai Olai dari industri makanan olahan dengan belanja iklan sebesar Rp 18,95 miliar. Selanjutnya, di posisi ke-7 dan ke-8 ditempati oleh Extra Joss dan Aqua dari industri minuman dengan total belanja masing-masing Rp 18,53 miliar dan Rp 15,49 miliar.

Kemudian posisi ke-9 ditempati Wardah dari industri kosmetik dan perawatan pribadi yang keluarkan dana iklan Rp 15,07 miliar. Selanjutnya, Frostbite Pari Vanilla dari industri minuman yang keluarkan dana belanja iklan Rp 14,43 miliar.

Dari sektor industri, merek yang masuk top 10 belanja iklan di stasiun televisi milik SCM saat Asian Games terdiri dari produk-produk yang berasal dari delapan industri.

Didominasi Produk Industri Minuman

Tim E-Sports Indonesia rebut dua medali di Asian Games 2018, Malaysia tidak tinggal diam.

Selama Asian Games 2018 yang berlangsung 18 Agustus-2 September 2018, iklan di 13 stasiun TV nasional di didominasi oleh produk dari industri minuman dengan total belanja iklan Rp 1,13 triliun atau capai 22,67 persen dari total belanja iklan selama periode itu sebesar Rp 4,98 triliun.

Fokus untuk stasiun televisi milik SCM (SCTV dan Indosiar) didominasi oleh produk dari industri minuman dengan total belanja iklan sebesar Rp 272,43 miliar atau capai 21,10 persen dari total belanja iklan di SCM selama periode itu sebesar Rp 1,3 triliun.

Selanjutnya industri makanan olahan menguasai 13,15 persen dari total belanja iklan di SCM selama Asian Games 2018 ditayangkan sebesar Rp 169,86 miliar.

Industri yang menempati posisi ke-3, yaitu personal care dengan total belanja iklan Rp 166,19 miliar. Kemudian industri ritel dan rokok dengan total belanja iklan masing-masing Rp 109,58 miliar dan Rp 80,69 miliar.

Kemudian pada posisi ke-6 dan ke-7 terdapat industri farmasi dan household dengan belanja iklan berturut-turut sebesar Rp 75,05 miliar dan Rp 61,99 miliar. Industri computer dan gawai menempati posisi ke-8 dengan belanja iklan Rp 59,07 miliar.

Sedangkan industri telekomunikasi dan layanan masyarakat menempati posisi ke-9 dan ke-10 dengan total belanja iklan masing-masing Rp 44,43 miliar dan Rp 42,93 miliar.

Sebagai catatan, data Adstensity ini menghitung iklan-iklan televisi di dalam jeda iklan (commercial break) saja dan tidak menghitung apabila ada iklan televisi yang dibuat dalam bentuk atau bagian dari sebuah program acara khusus.  

Sementara itu, RCTI masih tetap menguasai pendapatan commercial break periode itu dengan pendapatan mencapai Rp 818,97 miliar atau mencakup 16,44 persen dari keseluruhan pendapatan iklan di 13 TV nasional selama berlangsungnya Asian Games 2018.  

Mengenai jumlah titik iklan, brand yang masuk Top 10 Jumlah Titik Iklan pada saat sebulan dilangsungkannya Asian Games 2018 didominasi oleh industri minuman dengan dua brand, yaitu Extra Joss dan Ultra Milk. Bukalapak.com dari industri ritel memiliki jumlah titik iklan paling banyak, yaitu 1.026 titik iklan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mario Gomez Tak Masalah Kick-off Persib Vs Arema Dimajukan

Posted: 09 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kick-off laga Persib Bandung Vs Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Selasa (11/9/2018) dimajukan menjadi pukul 16:00 WIB. Pelatih Persib, Mario Gomez mengaku tidak masalah dengan hal tersebut.

Anjuran untuk memajukan kick-off berasal dari Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung. Semula, laga Persib Vs Arema akan kick off pada 18:30 WIB.

"Saya rasa tidak ada masalah bagi tim. Kami juga sudah terbiasa bermain di sore hari. Jadi, ya itu semua tidak mengubah target kami untuk dapat tiga poin nanti," ujar Gomez seperti dilansir situs resmi klub.

Laga ini adalah yang pertama bagi kedua tim setelah rehat Asian Games 2018. Bagi Persib, kemenangan atas Arema menjadi mutlak diraih.

Persib saat ini sedang memimpin klasemen dengan torehan 35 poin. Posisi mereka rawan digeser Madura United yang duduk di peringkat kedua dengan 33 poin.

 

Harapkan Cuaca Mendukung

Persib Bandung menjalani latihan perdana setelah libur Asian Games 2018. (Bola.com/Erwin Snaz)

Lebih lanjut, Gomez mengaku lebih memikirkan cuaca saat pertandingan. Pelatih asal Argentina ini berharap cuaca baik saat pertandingan digelar.

"Saya yakin semua akan tetap berjalan sesuai apa yang kita semua harapkan. Semoga cuaca juga mendukung, karena beberapa hari di pekan ini Bandung mulai diguyur hujan," katanya.

Klasemen Liga 1

Klasemen Liga 1. (Soccerway)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5 Mengguncang Lombok Timur

Posted: 09 Sep 2018 09:14 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi masih terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa berkekuatan magnitudo 5 mengguncang Lombok Timur, NTB.

Gempa dengan kedalaman 11 kilometer itu terjadi pada Senin (10/9/2018), pukul 10.50 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 8,18 Lintang Selatan ,116,60 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di 37 kilometer Timur Laut Lombok Timur, NTB.

BMKG tidak menyatakan gempa tersebut berpotensi terjadinya tsunami.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kesenian Korsel Sambut Kedatangan Jokowi di Istana Changdeokgung

Posted: 09 Sep 2018 09:14 PM PDT

Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di Istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). Kunjungan guna meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Joko Widodo dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di Istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). Kunjungan guna meningkatkan hubungan bilateral antara kedua negara (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Kim Jung-sook memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Jokowi dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Kim Jung-sook memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Joko Widodo (JokowI) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di Istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). Jokowi direncanakan akan berada di Seoul selama tiga hari (AFP/POOL/JEON HEON-KYUN)

Presiden Joko Widodo (JokowI) dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memeriksa penjaga kehormatan saat upacara penyambutan di Istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). Jokowi direncanakan akan berada di Seoul selama tiga hari (AFP/POOL/JEON HEON-KYUN)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo disuguhi kesenian korea oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo disuguhi kesenian korea oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dalam upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Korea Selatan, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Jokowi bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Kim Jung-sook disuguhi kesenian korea saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

Presiden Jokowi bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Negara Kim Jung-sook disuguhi kesenian korea saat upacara penyambutan di istana Changdeokgung, Seoul, Senin (10/9). (Jeon Heon-kyun/Pool via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkaca dari Bus Maut Sukabumi, Begini Cara Menghadapi Turunan Curam

Posted: 09 Sep 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kecelakaan bus maut di turunan letter S, Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Sabtu (8/9/2018) mengatakan 10 orang tewas dan lainnya luka-luka.

Hingga saat ini, bus bernopol B 7025 SAG diduga mengalami rem blong sehingga terperosok ke jurang sedalam 30 meter.

Kecelakaan bus atau truk memang kerap terjadi. Selain karena pengemudi ugal-ugalan, faktor rem blong juga menjadi pemicunya.

Adapun dilansir dari Drivers Prep, ada beberapa tips untuk terhindari dari kecelakaan rem blong terutama saat melewati jalur turunan.

Pastikan posisi gigi berada di posisi paling rendah, dan ini berlaku untuk mobil bertransmisi manual.

Untuk kendaraan bertransmisi otomatis, pada dasarnya tidak jauh berbeda. Untuk mendapat efek pengereman mesin, maka pastikan tuas transmisi berada di posisi 2.

Turunan Curam

Bangkai bus maut Jakarta Wisata Transport berhasil diangkat dari jurang menggunakan derek di jalur alternatif Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (9/9). Akibat kecelakaan bus masuk jurang tersebut, 21 orang dinyatakan tewas. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sementara itu, jika turunnya curam, maka pindahkan tuas ke posisi L.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan pengedara mobil saat turunan adalah memindahkan tuas transmisi ke posisi N atau netral.

Hal ini diketahui agar mobil lebih irit bahan bakar. Padahal, perilaku ini sangat salah dan tidak pernah dianjurkan.

Jika mobil dalam posisi gigi netral, tidak ada efek pengereman mesin dan pengaturan kecepatan kendaraan hanya mengandalkan rem saja.

Dengan bergitu, kontrol pengemudi atas kendaraan tidak akan maksimal. Sangat mungkin juga rem akan cepat panas, bahkan mengalami blong.

Selain aspek-aspek teknis seperti yang telah dijelaskan, tentu faktor lainnya dalam mengemudikan semua jenis kendaraan bermotor adalah tetap tenang atau tidak panik. Telah banyak sekali contoh kepanikan pengemudi akhirnya berbuah petaka.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tobat, Mantan Gangster Taiwan Kini Jadi Penjual Mi

Posted: 09 Sep 2018 09:09 PM PDT

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun menyiapkan mi di kedai usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Selain dijual, Yen bersama sang ibu membuat mi gratis yang dibagikan kepada orang tak mampu. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun menyiapkan mi di kedai usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Selain dijual, Yen bersama sang ibu membuat mi gratis yang dibagikan kepada orang tak mampu. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun menjalani bisnis berjualan mi di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Tindakan Yen ini pun menarik perhatian media lokal dan video kehidupannya telah dilihat ratusan ribu kali di YouTube. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun menjalani bisnis berjualan mi di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Tindakan Yen ini pun menarik perhatian media lokal dan video kehidupannya telah dilihat ratusan ribu kali di YouTube. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun bersama sang ibu menyiapkan mi di kedai usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Yen bercerita mengenal kehidupan keras gangster sejak berusia 15 tahun. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun bersama sang ibu menyiapkan mi di kedai usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Yen bercerita mengenal kehidupan keras gangster sejak berusia 15 tahun. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun berpose di kedai mi usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Yen mengaku membagikan 600-700 mangkok mi kuah gratis per bulan yang sebagian besar dibayar oleh pendonor. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun berpose di kedai mi usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Yen mengaku membagikan 600-700 mangkok mi kuah gratis per bulan yang sebagian besar dibayar oleh pendonor. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun berpose di kedai mi usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Empat tahun sejak memulai kegiatan amalnya sudah 40 ribu mangkuk mi gratis yang dilayani oleh Yen. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun berpose di kedai mi usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Empat tahun sejak memulai kegiatan amalnya sudah 40 ribu mangkuk mi gratis yang dilayani oleh Yen. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun menyiapkan mi di kedai usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Dukungan keluarga dan apresiasi orang-orang yang telah dibantunya ikut mengarahkan Yen ke jalan yang benar. (SAM YEH/AFP)

Mantan gangster Taiwan, Yen Wei-shun menyiapkan mi di kedai usaha keluarganya di pasar tradisional New Taipei City, 4 September 2018. Dukungan keluarga dan apresiasi orang-orang yang telah dibantunya ikut mengarahkan Yen ke jalan yang benar. (SAM YEH/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Krisis Imigran Kembali Picu Aksi Protes Besar-besaran di Jerman

Posted: 09 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Köthen - Kelompok oposisi kanan-jauh dan oposisi anti-fasis dikabarkan mengambil bagian dalam aksi protes di kota Köthen di Jerman timur, di mana seorang pria Jerman sebelumnya meninggal setelah diduga bertengkar dengan sekelompok imigran asal Afghanistan.

Polisi dikerahkan untuk mencegah bentrokan. Wali kota setempat menyarankan warga tetap tinggal di rumah.

Korban meninggal diketahui berusia 22 tahun, yang mengembuskan napas terakhir karena gagal jantung terkait cedera kepala akibat perkelahian.

Dikutip dari BBC, Senin (10/9/2018), polisi Jerman mengatakan bahwa dua tersangka asal Afghanistan telah ditangkap.

Menurut jaksa, pemeriksaan post-mortem menunjukkan bahwa korban, yang dilaporkan melakukan intervensi dalam sebuah argumen dengan tiga pria Afghanistan dan seorang wanita hamil, tidak langsung meninggal sebagai akibat dari luka yang dideritanya ketika dia jatuh dengan posisi kepala membentur permukaan keras.

Pada Minggu 9 September, kerumunan orang berbaris mengitari pusat kota dan menyalakan lilin sebagai peringatan terhadap meninggalnya korban terkait.

Seorang pendeta setempat, Martin Olejnicki, mengatakan bahwa setiap upaya sekarang harus dilakukan untuk meredakan ketegangan, menambahkan bahwa gereja akan berdoa setiap hari "untuk korban, anggota keluarga dan kedamaian di kota Köthen".

"Kami berusaha menenangkan semua pihak, berbicara dengan orang-orang dan memberi tahu mereka bahwa ini bukan saatnya untuk membiarkan risiko pertikaian meningkat," kata Olejnicki.

Sebelumnya, kelompok neo-Nazi turun ke media sosial untuk menyerukan protes di Köthen, yang berjarak sekitar 160 kilometer utara Chemnitz, di mana insiden serupa memicu protes kekerasan dua minggu lalu.

Media Jerman mengutip saksi mata yang mengatakan pertarungan di Köthen terjadi di taman bermain, ketika korban dan saudaranya terlibat dalam pertengkaran.

"Dua warga Afghanistan ditahan sementara karena dicurigai melakukan pembunuhan (akibat perkelahian)," kata polisi.

Di Chemnitz, seorang warga Suriah dan seorang warga Irak ditangkap setelah menikam seorang pria Jerman berusia 35 tahun hingga tewas dalam perkelahian pada 26 Agustus.

Insiden itu menyebabkan bentrokan antara pengunjuk rasa sayap kanan dan anti-Nazi, yang disertai serangan sentimen terhadap orang-orang yang terlihat asing di Jerman.

 

Simak video pilihan berikut; 

 

Jerman Tidak Menoleransi Aksi Main Hakim Sendiri

Aksi demonstrasi berlatar krisis imigran memicu kisruh besar-besaran di kota Chemnitz, Jerman, pada Minggu dan Senin, 26 dan 27 Agustus 2018 (AP)

Kanselir Angela Merkel telah memperingatkan bahwa "keadilan main hakim sendiri" tidak akan ditoleransi oleh pemerintah Jerman.

Pada 2015, Kanselir Merkel memutuskan untuk memberi catatan 890.000 pencari suaka. Warga Suriah yang melarikan diri dari perang sipil terdiri dari kelompok terbesar, di mana naik 403 persen dibandingkan kedatangan mereka tahun sebelumnya, kantor migrasi Jerman melaporkan.

Kanselir dan sekutunya "diskak-mat' oleh pemilih pada pemilihan umum tahun lalu, ketika Alternatif anti-imigran untuk Jerman (AfD) memasuki parlemen untuk pertama kalinya, memenangkan 12,6 persen suara dan lebih dari 90 kursi.

Adapum Köthen, yang menjadi lokasi bentrokan terakhir terkait isu imigran, terletak di antara Saxony-Anhalt dan Chemnitz di Saxony, dua provinsi di mana AfD memiliki basis sangat kuat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebakaran di Lereng Gunung Lawu Kini Sudah Padam, tapi ...

Posted: 09 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Karanganyar - Kebakaran hutan di lereng Gunung Lawu yang melanda kawasan hutan lindung setempat berhasil dikendalikan setelah petugas gabungan dari Perhutani, TNI, Polri, dan relawan melakukan upaya pemadaman.

Anggota Koramil Sine, Kodim 0805/Ngawi, Koptu Sigit Pawanto, megatakan meski api telah dipadamkan, pihaknya bersama petugas KPH Lawu Ds akan menyisir lokasi bekas kebakaran guna mengantisipasi titik api baru.

Menurut dia, upaya pemadaman kali ini dilakukan di petak 15 dan 17 BKPH Lawu Utara, KPH Lawu Ds. Kedua petak tersebut menjadi lokasi titik api terakhir yang terpantau oleh petugas.

"Secara keseluruhan ada lima petak hutan lindung Gunung Lawu yang terbakar. Di antaranya yang terakhir berhasil dipadamkan adalah di petak 15 dan 17 di atas kawasan wisata Kebun Teh Jamus," kata dia, Minggu, 9 September 2018, dilansir Antara.

Hutan lereng Gunung Lawu mulai terbakar sejak pertengahan Agustus 2018. Kebakaran diduga akibat ulah manusia yang membuat api unggun saat pendakian merayakan hari kemerdekaan RI di Gunung Lawu, wilayah kawasan Candi Cetho, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Bara api yang belum padam dari api unggun tersebut kemudian membakar hutan lindung dan menyebar ke kawasan puncak Lawu masuk petak 73 di Kabupaten Magetan. Kemudian, angin kencang mempercepat penyebaran api ke petak 41, 39, 30, dan petak 19 BKPH Lawu Utara masuk wilayah Kabupaten Ngawi.

Setelah melalui berbagai upaya, petugas gabungan yang ada berhasil memadamkan kebakaran gelombang pertama. Namun, titik api kembali muncul di petak 39 dan menyebar ke petak 30, 19,17, dan 15 wilayah BKPH Lawu Utara.

Setelah berlangsung hampir satu minggu, petugas gabungan dari Perhutani, TNI, Polri, warga desa setempat dan relawan, berhasil mengendalikan saat kebakaran gelombang kedua.

Pemantauan terus dilakukan petugas guna mengantisipasi sisa bara api yang belum padam dan rawan menimbulkan kebakaran hutan. Hingga saat ini, belum diketahui pasti luasan lahan hutan yang terbakar dan kerugian material yang ditanggung KPH Lawu Ds akibat peristiwa tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Budi Karya Dorong Aksestabilitas NTB Lewat Sail Moyo Tambora 2018

Posted: 09 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Sumbawa Tanda pagar #NTBBangkit dan #WelcomeToSailMoyoTambora2018 terus digelorakan. Hasilnya, dua hashtag itu menjadi trending topic nasional.

Berbagai pihak ikut menyerukan #NTBBangkit dalam Welcoming Dinner Sail Moyo Tambora 2018 di halaman Kantor Bupati Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9/2018). Meski masih dalam suasana berduka pasca gempa beberapa lalu, Sail Moyo Tambora 2018 diharapkan bisa memotivasi masyarakat NTB untuk bangkit.

Penyanyi religi, Opick, tampil dalam acara tersebut untuk menghibur sekaligus menyemangati para hadirin. Ia membawakan lima lagu.

"Semoga malam ini bisa membantu semangat saudara-saudara kita yang sedang tetimpa musibah dan segera bangkit dari keterpurukan, dan seluruh korban yang meninggal diberikan gelar khusnul khotimah," ujar Opick di sela-sela lagu.

Di tengah penampilan, dirinya secara spontan mengajak duet Menteri Pariwisata Arief Yahya. Mereka membawakan lagi Bila Waktu.

"Terima kasih Ayah (Menpar Arief Yahya). Alhamdulillah saya menawarkan ini ke beberapa penyanyi tidak laku-laku. Namun lagu ini mendapat penghargaan musik di Asia," ucap Opick.

Keinginan untuk NTB Bangkit juga diserukan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, selaku Ketua Pelaksana Sail Moyo Tambora 2018. Ia berharap event ini bisa mengobati dan penyemangat bangkitnya pariwisata di NTB.

"Kita semua pasti ingin NTB ini Bangkit. Hari ini menandai kebangkitan NTB yang luar biasa. Esok hari kita akan melakukan Sail Moyo Tambora 2018. Meski tidak dihadiri Presiden Joko Widodo, tidak mengurangi keberhasilan Sail Moyo Tambora 2018," kata Budi.

Ia juga terus mendorong pariwisata di NTB untuk bangkit. Sebab, potensi pariwisata di NTB sangat indah dan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

"NTB ini sangat terkenal. Tidak hanya terkenal dengan Zohri (pelari peraih emas Indonesia) saja. Pariwisata menjadi industri yang menjanjikan bagi NTB. Alamnya luar biasa, budayanya mempesona, sehingga mendatangkan devisa bagi Indonesia," ujar Budi.

Tak ketinggalan, dirinya memberikan apresiasi kepada Menteri Pariwisata.

"Saya apresiasi teman saya Menpar Arief Yahya yang terus mendorong pariwisata di Indonesia. Saya juga ingin terima kasih kepada Pemda yang semangat memeberikan kontribusi. Hal itu Karena NTB Hebat, NTB Bangkit. Karena mengedepankan obyek-obyek wisata yang luar biasa. Mudah-mudahan tahun depan ada moyo-moyo yang lain," ucap Budi.

Wakil Gubernur NTB, Muhammad Amin, mengapresiasi seluruh stakeholder yang mendukung kebangkitan NTB dengan Sail Moyo Tambora 2018.

"Dengan adanya gempa bumi ini mempengaruhi jumlah kunjungan yang ada di NTB. Terima kasih kepada pemerintah pusat kita sangat welcome. Event ini tentunya dapat memberikan multiplier effect yang luar biasa. Dan ini menjadi kebanggan buat kita agar anak-anak bisa tanggap di bidang pariwisata," kata dia.

Secara terpisah, Arief Yahya mengatakan bahwa dibutuhkan semangat Indonesia Incorporated untuk memulih NTB dengan cepat. Terutama dalam hal aksesibilitas dan konektivitas menuju NTB.

"Semua harus bergerak sesuai dengan bidangnya. Semangat Indonesia Incorporated kali ini kita terapkan untuk membangun kembali NTB. Kita harus dukung dan buktikan jika NTB segera bangkit," ujarnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Penggunaan Minyak Goreng Berulang Kali, Waspada

Posted: 09 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bijak dan cerdas dalam menggunakan minyak goreng penting dilakukan agar tubuh tetap sehat. Alasannya, minyak goreng yang digunakan berulang kali mengandung senyawa berbahaya yang bisa merusak kesehatan makanan.

Hindari menggunakan minyak goreng untuk menggoreng berulang kali karena hal ini bisa menyebabkan minyak mengandung kolesterol jahat lebih banyak. Melansir dari laman boldsky.com, menggunakan minyak goreng berulang kali hingga warnanya cokelat bahkan hitam pekat bisa mengganggu kesehatan.

Minyak goreng yang terlalu pekat bisa mengandung lemak jenuh lebih banyak. Ini juga sangat memungkinkan minyak jadi lahan tumbuhnya bakteri, virus maupun penyakit berbahaya. Menurut para ahli, beberapa penyakit yang bisa menyerang tubuh terkait kebiasaan menggunakan minyak goreng berulang kali antara lain adalah kanker, tumor dan penyakit degeneratif lainnya.

 

Batas aman penggunaan minyak goreng

Tahukah Anda jika ternyata kentang goreng ala restoran yang biasa kita makan ternyata mengandung bahaya? (Foto: iStockphoto)

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di United State Department of Agriculture (USDA) menemukan bahwa minyak yang telah berubah warna, aroma dan rasa, ini telah mengandung berbagai senyawa yang berbahaya buat kesehatan. Sebaiknya, minyak goreng tidak digunakan lebih dari 3 kali.

Setelah tiga kali digunakan atau sudah ada tanda minyak berubah warna dan aroma, sudah sebaiknya minyak dibuang atau dimanfaatkan pada hal lain asalkan tidak untuk dikonsumsi. Yuk ladies, semakin bijak dalam memasak dan menghasilkan makanan sehat serta bermanfaat buat kesehatan.

Reporter: Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: