Sabtu, 22 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Dalam Setahun, Kerajaan Inggris Akan Gelar Royal Wedding Ketiga

Posted: 22 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, London - Kerajaan Inggris baru saja mengumumkan kabar bahagia. Usai menggelar Royal Wedding bagi Pangeran Harry dan Meghan Markle, kali ini keluarga kerajaan akan menghelat Royal Wedding berikutnya.

Pernikahan bangsawan Inggris selanjutnya akan digelar pada bulan Oktober. Giliran Princess Eugenie, sepupu Harry dan William yang akan melepas masa lajang. Namun ternyata masih ada satu lagi pernikahan yang digelar pada tahun 2018 ini.

Dilansir dari People, pihak kerajaan mengumumkan satu lagi Royal Wedding bangsawan Inggris. Kali ini anak dari Pangeran Michael of Kent, Lady Gabriella Windsor. Pangeran Michael merupakan sepupu dari Ratu Elizabeth II.

Keduanya telah bertunangan pada pada Agustus lalu. Namun pernikahan keduanya akan digelar pada musim semi 2019. Ini akan menjadi Royal Wedding ketiga dalam waktu kurang dari satu tahun.

Tak Menonjol

Ratu Elizabeth II dan anggota Kerajaan Inggris (DANIEL LEAL-OLIVAS / AFP)

Lady Gabriella Windsor tak terlalu menonjol dibandingkan Kate atau Meghan. Namun ia cukup dekat dengan Kate, bahkan ia turut menghadiri pernikahan Pippa Middleton pada tahun 2017.

Lady Gabriella sendiri merupakan senior director di Branding Latin America serta kontributor di London Magazine. Ia akan menikahi kekasihnya, Tom Kingston yang bekerja di bidang finansial. Dilansir dari Harper's Bazaar, Tom pernah berkencan dengan Pippa Middleton.

Kejutan?

Lokasi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di Kapel St George, Kastil Windsor, London, Inggris, Minggu (11/2). Kapel di pekarangan Istana Windsor ini kerap dipakai lokasi pernikahan anggota keluarga kerajaan. (AFP PHOTO/POOL/Dominic Lipinski)

Bila pada pernikahan Princess Eugenie nanti akan mengundang ribuan rakyat Inggris. Kira-kira apa yang akan dilakukan Lady Gabriella dan Tom Kingston pada hari bahagianya tahun depan ya? (Rezka Aulia/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Starter Persib Bandung Vs Persija Jakarta

Posted: 22 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persija Jakarta harus melakoni partai berat di pekan ke-23 GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak dengan menghadapi tuan rumah Persib Bandung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Minggu (23/9/2018) sore WIB.

Tim asuhan Stefano Teco Cugurra itu bakal datang dengan kekuatan penuh. Persija siap menurunkan pemain-pemain terbaik mereka untuk meredam Persib.

Apalagi, Persib sekarang berstatus pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018. Persija perlu ekstra hati-hati dalam meladeni permainan Maung Bandung nanti.

Andritany Ardhiyasa belum tergantikan di bawah mistar gawang tim tamu. Ismed Sofyan. Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, dan Rezaldi Hehanusa mengisi pos lini belakang.

Duet lini serang Persib, Jonathan Bauman dan Ezechiel N'Douassel beradu tajam dengan trio Persija, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, dan Marko Simic. Barisan tengah Persija bakal mengandalkan Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Renan da Silva.

Pertahanan Persib

Pertemuan pertama Persija Jakarta kontra Persib Bandung musim ini. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

M. Natshir diplot sebagai kiper utama tuan rumah dengan bantuan kuartet Supardi Nasir, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, dan Ardi Idrus di lini belakang. Mereka siap diuji oleh bombardir penyerang Persija.

Demi memenangkan pertarungan lapangan tengah, Ghozali Siregar, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi akan diturunkan Persib. Simak prediksi starter kedua tim.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): M. Natshir (Kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Ghozali Siregar, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (tengah); Jonathan Bauman, Ezechiel N'douassel (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanusa (bek); Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Renan da Silva (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tingkah Konyol Orang Indonesia Pakai Maneken, Pengumuman Konyol di Toilet

Posted: 22 Sep 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artikel tentang aksi kocak orang Indonesia menggunakan maneken menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni 10 pengumuman konyol di toilet. Sedangkan artikel tentang tes kejelian mata untuk temukan hewan di satu gambar, menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Tingkah Konyol Orang Indonesia Pakai Maneken, Bikin Ketawa Geli

(Foto: Segar Sangad/ Facebook)

Maneken biasa digunakan sebagai pajangan baju. Agar terlihat bagaimana bentuk baju saat dipakai pada tubuh, maneken banyak digunakan para penjual beragam pakaian.

Namun ternyata, tak selalu manekin digunakan untuk tujuan tersebut. Akal kreatifnya orang Indonesia manfaatkan manekin ini justru bikin ketawa banyak orang. Dirangkum dari berbagai sumber, ini aksi kocak orang Indonesia gunakan maneken.

Selengkapnya

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2. Super Kocak, 10 Pengumuman Konyol di Toilet Ini Cuma Ada di Indonesia

(Foto: recehtapisayang/Instagram)

Toilet memang jadi kebutuhan khusus setiap orang. Namun, untuk menjaga agar toilet tetap bersih ditaruhlah pengumuman supaya banyak orang melaksanakannya.

Walaupun niatnya untuk memberitahukan informasi, namun pengumuman ini malah melenceng dari tujuan awalnya. Alih-alih bersifat informatif, pengumaman yang tertera dalam toilet justru bikin orang gagal paham dan sukses bikin ngakak.

Dikutip dari berbagai sumber, ini pengumuman kocak dalam toilet yang cuma ada di Indonesia.

Selengkapnya

3. Tes Kejelian Mata, Coba Temukan 4 Binatang dalam Gambar Ini

Tes Kejelian Mata (Foto: vemale.com/playbuzz)

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan mata yang berbeda. Nah, untuk melakukan tes mata memang biasanya dilakukan ke dokter mata. Namun, untuk memastikan apakah matamu teliti, sehat dan jeli ternyata bisa dengan mengikuti tes kejelian mata sederhana lo. Salah satunya melalui gambar berikut ini.

Dalam gambar cat air sederhana ini, tersembunyi empat binatang. Orang dengan mata jeli pasti akan dengan mudah menemukannya. Yakin mata kamu sudah sehat? Coba perhatikan dengan baik gambar di atas.

Jikah kamu merasa sudah menemukannya, kira-kira binatang apa saja yang ditemukan dalam gambar sebuah pedesaan tersebut?

Selengkapnya

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selain Kijang dan Jaguar, Ini Nama-Nama Mobil yang Mencomot Nama Binatang

Posted: 22 Sep 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Apalah arti sebuah nama? Mungkin kalimat tersebut akan sangat berarti di dunia otomotif, terlebih untuk penamaan sebuah produk.

Nah dari sekian nama yang ada, nama-nama hewan atau binatang rupanya menjadi  inspirasi tersendiri bagi para produsen otomotif.

Toyota Kijang, Isuzu Panther, Daihatsu Zebra, Mitsubishi Kuda, atau merek Jaguar menjadi nama-nama yang sangat akrab di telinga masyarakat kita.

Tentu saja pemberian nama-nama hewan memiliki arti sendiri, bahkan diharapkan kehebatan dan ketangguhan dari hewan itu bisa menular.

Toyota Kijang Super (Youtube: Visual Matters)

Khusus Toyota, nama Kijang yang merupaka hewan sangat lincah itu telah lahir di era 70-an tersebut hingga saat ini masih eksis di dunia otomotif. Bahkan mobil yang diproduksi di Indonesia itu telah di ekspor ke manca Negara.

Tak hanya itu, merek otomotif nasional juga ikut memberikan nama hewan seperti FIN Komodo yang mencomot hewan langka Komodo atau Tawon hingga Kancil.

Meski demikian ternyata banyak sekali nama hewan yang dijadikan nama-nama sebuah mobil. Mau tahu apa saja, lihat di bawah ini.

Berikut Daftar Namanya

Lamborghini Urus

Urus (Lamborghini)

Sosok mobil SUV gagah dari Lamborghini ini ternyata diambil dari sebuah nama hewan sejenis lembu yang kini sudah punah.

Jaguar

Nama ini bahkan bukan digunakan untuk sebuah produk, tetapi perusahaan otomotif asal Inggris ini menggunakan nama hewan sejenis kucing besar untuk merek atau brand itu sendiri.

 

 

Volkswagen Beetle dipamerkan dalam ajang pertemuan tahunan

Beetle (Volkswagen)

Beetle sendiri adalah sejeni kumbang. Meski namanya kumbang, namun VW Beetle di Indonesia justru lebih dikenal dengan sebutan Kodok.

Barracuda (Plymouth)

Barakuda sendiri merupakan sejenis ikan dalam kelas Actinopterygii yang dikenal karena wujudnya menyeramkan dan berukuran tubuh besar, yaitu sampai panjang enam kaki dan lebar satu kaki. Tubuhnya panjang dan ditutupi oleh sisik yang halus.

Selanjutnya

Wajah Porsche Macan yang menggoda (weente/oto.com)

Macan (Porsche)

Perusahaan asal Jerman ini membuat SUV tangguh beberapa tahun lalu dengan sebuatan Macan. Ya, nama macan sama artinya dengan tiger jika dalam bahasa Inggris. Nama macan sendiri memang sangat familiar untuk masyarakat Indonesia.

Hanya saja, banyak orang di luar sana yang tak tahu jika macan adalah sebuah binatang. Alhasil, mereka hanya menyebutnya seperti mengeja kata makan.

Bison (Chevrolet heavy-duty truck)

Bentuknya memang seperti banteng, namun hewan ini cukup besar dan kebanyakan tinggal di bagian utara Eropa atau Amerika.

 

Chevrolet Impala kemungkinan akan dihentikan produksinya menyusul semakin menyusutnya pangsa pasar segmen itu.

Impala (Chevrolet)

Nama hewan ini memang seperti kijang atau sejenis antilop yang habitatnya berada di Afrika. Hewan ini dikenal sebagai pelari cepat dan mampu melompat hingga tiga meter.

Viper (Dodge)

Nama ini diambil dari sejenis ular yang memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan besar, namun berbahaya.

Selanjutnya

Ford Mustang Boss 302 (Hot Rod Magazine)

Mustang (Ford)

Hewan ini sejenis kuda feral yang berasal dari barat Amerika Utara. Mustang telah dibawa masuk ke Amerika oleh Spanyol. Mustang sering dianggap sebagai kuda liar, tetapi istilah yang lebih tepat adalah kuda feral.

Selain itu, seperti dilansir howstuffworks, nama-nama mobil dari nama hewan masih banyak seperti Blackhawk (Stutz), Bluebird (Nissan/Datsun), Bronco (Ford), Charger (Dodge), Cheetah (merek mobil sport di tahun 1960),  Cobra (Shelby, Shelby-Ford),  Cougar (Mercury), Fox (Audi, Volkswagen), Gazelle (Singer), Honey Bee (Nissan/Datsun), Lark (Studebaker), Marlin (AMC),  Pinto (Ford), Rabbit (Volkswagen), Ram (Dodge),  Road Runner (Plymouth), Sable (Mercury), Skylark (Buick), Spider/Spyder (Porsche), Stag (Triumph), Sting Ray/Stingray (Chevrolet Corvette), Super Bee (Dodge), Thunderbird (Ford), Wasp (Hudson), White Eagle (Kissel), atau Wildcat (Buick).

Kira-kira  masih ada lagikah nama mobil yang diambil dari nama hewan atau binatang?

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:Aksi Juru Parkir Vallet Menabrakkan Lamborghini Aventador]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lopetegui Lega Real Madrid Menangi Duel Berbahaya

Posted: 22 Sep 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pelatih Real Madrid, Julen Lopetegui sangat lega bisa menang lawan Espanyol pada lanjutan Liga Spanyol di Stadion Bernabeu, Minggu (23/9/2018). Madrid menang tipis 1-0 atas Espanyol yang disebutnya sebagai laga berbahaya.

Espanyol menunjukkan perlawanan yang sangat berat. Permainan spartan Espanyol membuat Madrid kesulitan untuk mengembangkan permainan mereka seperti biasanya.

Namun Lopetegui menegaskan bahwa ada beberapa faktor lain yang membuat Real Madrid mengalami kesulitan dalam pertandingan ini. Salah satunya adalah karena mereka baru saja bermain di ajang Liga Champions tengah pekan lalu.

Lopetegui menyebut Espanyol memiliki kualitas yang bagus. Selain itu, Espanyol punya wakti lebih untuk mempersiapkan diri menghadapi Madrid. Di sisi lain, Madrid masih harus memikirkan soal Liga Champions di tengah pekan.

"Pertandingan ini memberikan indikasi merah di semua aspek. Laga yang rumit karena kualitas lawan yang bagus. Mereka memiliki waktu satu pekan penuh untuk mempersiapkan tim untuk laga ini," cetus Lopetegui kepada as.

"Espanyol bermain bagus, mereka sangat terorganisir. Kami tahu laga ini akan sulit, sungguh pertandingan yang berat. Kami bermain lebih baik pada babak pertama dan ini adalah tiga poin yang penting.

 

Kelelahan

Lopetegui mengakui bahwa Madrid mengalami kelelahan karena padatnya jadwal yang mereka jalani. Ia menyebut pertandingan setelah Liga Champions selalu saja menjadi pertandingan berat.

"Ya, kelelahan memang menjadi faktor yang menentukan, terutama setelah menjalani dua pertandingan dengan intensitas tinggi dalam tiga hari. Lawan-lawan kami juga merupakan tim yang bagus dengan permainan menyerang."

"Untungnya kali ini kami bisa mengamankan tiga poin, karena itu yang paling penting. Dalam 15 menit terakhir, kami kesulitan mempertahankan bola dalam waktu lama. Laga setelah pertandingan Liga CHampions memang selalu berbahaya. Kami tahu itu."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berbaju Adat, Capres - Cawapres Ikuti Rangkaian Deklarasi Kampanye Damai

Posted: 22 Sep 2018 10:09 PM PDT

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memanjatkan doa saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memanjatkan doa saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menerbangkan burung merpati secara simbolis saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menerbangkan burung merpati secara simbolis saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan saat secara simbolis membuka Deklarasi Kampanye Damai dengan menerbangkan balon ke udara di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua KPU Arief Budiman dan Ketua Bawaslu Abhan saat secara simbolis membuka Deklarasi Kampanye Damai dengan menerbangkan balon ke udara di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno (kanan) menandatangani Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). Deklarasi dihadiri pula oleh pimpinan partai pendukung kedua pasangan serta ribuan masyarakat. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno (kanan) menandatangani Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). Deklarasi dihadiri pula oleh pimpinan partai pendukung kedua pasangan serta ribuan masyarakat. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). Deklarasi menandai dimulainya masa kampanye Pemilu 2019. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). Deklarasi menandai dimulainya masa kampanye Pemilu 2019. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pimpinan partai pendukung dua pasang capres dan cawapres 2019 saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Pimpinan partai pendukung dua pasang capres dan cawapres 2019 saat menghadiri Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua KPU Arief Budiman (kiri) bersama pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Ketua KPU Arief Budiman (kiri) bersama pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno saat Deklarasi Kampanye Damai di Monas, Jakarta, Minggu (23/9). (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jabar Quick Response Selamatkan Legenda Perwayangan dari Bandung Barat

Posted: 22 Sep 2018 10:03 PM PDT

Bandung - Jabar Quick Response (JQR) yang baru saja diluncurkan, mulai diminati warga. Terbukti setelah diluncurkan pada 18 September lalu, ribuan curhatan warga sudah masuk. Beberapa bahkan langsung direspons oleh petugas.

Seperti yang dialami kakek sebatang kara, Entis atau biasa dipanggil Aki Acin (98). Salah satu tetangga Aki Acin yang memiliki akun @qq_barcelana melaporkan melalui JQR. Petugas langsung menuju lokasi yang berada di Bandung Barat, untuk menolong Aki Acin.

Dari akun Instagram @jabarquickresponse, diketahui Aki Acin merupakan legenda di dunia dalang dan perwayangan. Saat ini Aki Acin hidup sebatang kara.

"Aki Acin sudah masuk dan dirawat di RS Kawaluyaan," tulis @jabarquickresponse.

"Beliau yang pertama mempopulerkan baju wayang yang seperti sekarang dari bahan beludru dengan pernak pernik pasir jepang dan mutiara. Awalnya, baju wayang golek hayang helai kain biasa. Dan ini diinisiasi oleh Aki Acin pada tahun 70-an bersama dalang alm. Asep Sunandar Sunarya," tulisnya lagi.

Dalam unggahannya, @jabarquickresponse menyertakan video saat Aki Acin turun dari mobil untuk dibawa ke dalam rumah sakit. Selain itu juga ada dua foto lainnya.

Jabar Quick Response menjadi satu program yang mulai berjalan di kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum selaku Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Melalui program ini, seluruh warga Jabar bisa curhat secara langsung kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui SMS center maupun media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Ridwan Kamil mengklaim, sejak Jabar Quick Response dilansir beberapa waktu lalu, sudah banyak curhatan warga yang masuk. Adanya program tersebut diharapkan bisa cepat tanggap dalam memberikan solusi.

"Begitu banyak curhatan dan pengaduan kemanusiaan, membuat Jabar Quick Response memang selama ini ternyata diminati oleh warga Jawa Barat. Mohon bersabar karena semua sedang berproses," tulis akun @ridwankamil.

 Baca berita menarik JawaPos.com lainnya di sini.

 

 

Penampung Curhatan Warga

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik Wali Kota Bandung Oded M Danial, Kamis (20/9/2018). (Dok. Humas Kota Bandung/Huyogo Simbolon)

Masih melalui akun @ridwankamil, Gunernur Jawa Barat itu menyertakan data pengaduan di JQR. Pengaduan melalui hotline sebanyak 230, 1.200 pengaduan melalui Whatsapp, 216 pengaduan melalui Twitter, dan 970 pengaduan melalui Instagram.

Sementara, akun Instagram @jabarquickresponse mengunggah video singkat, yang memperlihatkan banyaknya warga yang melaporkan keluhannya melalui Whatsapp.

"Antusiasme dari masyarakat dalam menyampaikan aduan baik berdasar yang dialami sendiri maupun mengadukan tentang tentang tetangga dan kerabatnya. Dari mulai mengadukan jalan rusak, eKTP yang tak kunjung jadi, ijazah tertahan di sekolah, belum bayar kontrakan, tak ada biaya berobat, kurang modal usaha, sampai habis persediaan beras di rumah. Semua aduannya kami terima dan catat untuk bisa diberikan penanganan secepatnya," tulis dalam keterangan video itu.

Progam Jabar Quick Response resmi diluncurkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pada Selasa, 18 September 2018. Hal ini merupakan salah satu program 100 hari pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum untuk mengakomodasi segala keluhan masyarakat Jabar.

Menurut Kang Emil, sapaannya, program tersebut untuk memperbaiki tata cara negara dalam menolong warga Jabar. Program ini diharapkan bisa menolong warga yang sedang emergency.

"Jadi kata kuncinya emergency, berkesusahan bisa melaporkan diri sendiri atau melapor ke tetangganya, saudaranya," kata Kang Emil di Gedung Sate Bandung, Selasa, 18 September 2018.

Banyak jenis pengaduan masyarakat yang bisa disampaikan lewat SMS center maupun media sosial. Yakni contohnya warga Jabar yang dirasa kekurangan tidak bisa makan, rumah runtuh, masalah kesehatan, tidak mampu bayar rumah sakit, pendidikan dan lainya yang sifatnya darurat.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiat Pelajar Indonesia Punya Banyak Teman di Negeri Orang

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ketika merantau ke negeri orang untuk bekerja atau menuntut ilmu, kesepian kerap kali menghadang. Rasa itu bisa ditepis bila ada teman dalam canda maupun duka. Simak kisah salah seorang pelajar Indonesia, Putriana Hamka, menjalin persahabatan dengan banyak teman di Jerman.

Ikuti organisasi kegiatan positif

Salah satu cara agar punya banyak teman dan jaringan di luar negeri adalah dengan mengikuti berbagai organisasi yang positif. Putri misalnya, pernah aktif selama satu tahun di Bonn International Model of United Nation. Di sini, Putri yang sedang mendalami Ilmu Politik di Universitas Bonn mengaku banyak belajar dan bekerja sama secara profesional dengan mahasiswa asing dan mahasiswa Jerman.

Berani memulai

Beberapa orang memang sangat pemalu. Tapi Putri menyarankan untuk mengatasi sifat ini dan berani mengambil inisiatif awal. Pertemanan bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti bertanya apakah boleh ikut di kegiatan sederhana seperti mengerjakan tugas kuliah bersama atau "boleh tidak ikut masak-masak bareng?" ujarnya mencontohkan.

Tidak "terlalu diambil hati"

Dalam interaksi sehari-hari terkadang timbul kesalahpahaman akibat perbedaan budaya dan gaya berkomunikasi. Mahasiswi tingkat tiga ini menyarankan agar tidak terlalu serius memikirkan itu semua sehingga jadi beban. "Jangan terlalu diambil hati. Kadang orang tidak menyapa bukan karena sedang marah kepada kita. Bisa jadi karena capek atau sedang buru-buru."

Ramah tapi hargai privasi

Sama seperti di Indonesia, salah satu hal yang bisa mengawali persahabatan adalah senyuman. Jadi saran Putri, bersikap ramah dan terbukalah kalau ingin punya banyak teman. Namun ia mengingatkan bahwa: "Yang khas di Jerman kita sangat menghargai privasi. Di sini contoh kecilnya kita tidak pernah mengunci pintu kamar. Tapi kalau ingin masuk ke kamar orang lain harus ketuk pintu dulu."

Punya pendirian

Putri mengakui kalau hal yang paling berbeda dari pergaulannya di Jerman adalah mereka sering kumpul bersama di bar, minum bir atau anggur. "Tapi kita tidak harus ikut-ikutan minum alkohol kalau tidak mau. Pada dasarnya orang Jerman akan menghargai pendirian kita," kata mahasiswi asal Jakarta itu.

Penulis: Arti Ekawati

Sumber: DW

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19 Vs Thailand Hari Ini

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - PSSI Anniversary jadi ajang pemanasan bagi Timnas Indonesia U-19 sebelum berjibaku di Piala AFC U-19 2018. Pada laga perdana yang dihelat di Stadion Pakansari, Indonesia akan meladeni tantangan Thailand.

PSSI Anniversary adalah turnamen segitiga yang khusus dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 sebelum bertempur di Piala AFC U-19. Lawan-lawan yang akan dihadapi anak asuh Indra Sjafri itu pun cukup berbobot, yakni Thailand dan Tiongkok.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga perdananya dengan melawan Thailand pada Minggu (23/9/2018). Setelah itu, laga terakhir akan dilakoni skuat Garuda Nusantara dengan menghadapi Tiongkok, Selasa (25/9/2018).

Ini adalah rangkaian persiapan dari Timnas Indonesia U-19 agar mendapatkan peak performance saat Piala AFC U-19 berlangsung pada 18 Oktober-4 November 2018. Target Timnas U-19 adalah menembus semifinal agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 2019.

Jadwal PSSI Anniversary

Jumat, 21 September 2018

18.30 WIB: Tiongkok vs Thailand

Minggu, 23 September 2018

18.30 WIB: Indonesia vs Thailand

Selasa, 25 September 2018

18.30 WIB: Indonesia vs Tiongkok

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disomasi Farhat Abbas, Ini Penjelasan Pandji Pragiwaksono

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pengacara Farhat Abbas sempat melayangkan somasi kepada Pandji Pragiwaksono. Mantan suami Nia Daniaty dan Regina itu merasa tersinggung dengan materi stand up comedy yang disguhkan Pandji.

Saat melawak, Pandji Pragiwaksono sempat menyebut Farhat Abbas dengan kata Nyet. Alhasil Farhat Abbas menyomasi dan siap memperkarakan maslah itu ke ranah hukum.

 

Setelah cukup lama diam, Pandji Pragiwaksono pun akhirnya buka suara. Menurutnya, ia siap bertanggung jawab dan berdialog dengan Farhat Abbas.

"Semua orang bebas ngomong apa pun selama dia bersedia bertanggung jawab karena kalau dia enggak bersedia bertanggung jawab kelak dia dimintai pertanggungjawaban," kata Pandji Pragiwaksono di Central Park Mall, Jakarta Barat, Jumat (21/9/2018).

Tabayun

Farhat Abbas (Liputan6.com/Putu Merta)

Komika yang berusia 39 tahun ini juga mengatakan sudah meluruskan masalah ini ke Farhat Abbas. Bagi Pandji Pragiwaksono masalah tersebut sudah selesai.

"Kebetulan sudah ngobrol, habis itu ternyata sudah oke. Memang gimana pun juga kalau kita konflik di Indonesia saya selalu mengapresiasi orang yang tabayun, yang ingin dialog dulu. Utamakan ngobrol, semua sudah selesai kok," ujarnya.

Sudah Selesai

Komika Pandji Pragiwaksono. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pandji memang tidak menemui langsung Farhat Abas tapi sudah membicarakan masalah ini melalui Whatsapp. Baginya antara ia dan Farhat sudah tak ada masalah lagi.

"Ngobrol via WA, sudah selesai, ngapain dibahas lagi, soalnya sudah ngobrol. Sebenarnya setelah dialog, enggak ngomongin itu (tentang permintaan maaf)," kata Pandji.

"Sama siapapun kalau seumpama dirasa ada materi saya menyinggung, saya akan membuka pintu dialog," imbuhnya. (Mutia/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Intip Proses Pembuatan Jambul Khatulistiwa Menjulang Syahrini

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk konsernya, Syahrini membuat heboh dengan gaya rambut Jambul Khatulistiwa menjulang. Diperlukan puluhan botol spray untuk membuatnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penari Indonesia Raih Penghargaan Penampil Terbaik di Uzbekistan

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Tashkent - Predikat Best International Dance Performer berhasil diraih oleh Asri Dwi Hapsari, staf KBRI Tashkent, Uzbekistan dengan mengalahkan peserta dari 11 negara lain pada kompetisi tari Magic Dance.

Kompetisi ini merupakan salah satu rangkaian pagelaran seni pada festival seni Internasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan Uzbekistan, di Khiva, demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id, Minggu (23/9/2018).

Festival seni yang digelar dari tanggal 14-16 September 2018 ini diadakan dengan tujuan untuk mempromosikan keberagaman, keharmonisan, dan menyebarkan pesan perdamaian ke seluruh dunia melalui seni.

Selama festival telah digelar berbagai pertunjukan seni seperti musik, kompetisi kuliner Uzbekistan, pameran kerajinan tradisional, peragaan busana, coaching clinic tari tradisional, lomba tari, dan seminar terkait seni budaya.

Konperensi mengenai "The Importance of National Tradition in Dance Art" juga digelar melalui kerjasama dengan asosiasi persahabatan Turkmenistan-Uzbekistan yang menghadirkan pembicara beberapa ilmuwan dan peneliti seni dari berbagai negara.

Peserta asing pada festival budaya internasional ini antara lain adalah Indonesia, yang diwakili oleh KBRI Tashkent, Amerika, Kanada, Jepang, Italia, India, Turkmenistan dan beberapa negara di Asia Tengah.

Festival ini ditutup oleh Menteri Kebudayaan Uzbekistan, Bakhtiyor S. Sayfullayev, dengan pagelaran tari dan lagu oleh hampir semua peserta, diselingi dengan pembagian hadiah bagi penampil terbaik. Wakil KBRI menampilkan Tari Nusantara yang menggambarkan keragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan mendapatkan predikat Best International Dance Performer.

Tarian ini mendapatkan sambutan yang luar biasa meriah dari penonton. Diakhir acara, Kementerian Kebudayaan Uzbekistan menawarkan kerjasama kepada KBRI Tashkent agar dapat memberikan pelatihan tari Indonesia kepada siswa seni tari di Tashkent.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Turis Indonesia Bebas Visa ke Uzbekistan

Turis pertama tanpa visa di Uzbekistan. (KBRI Tashkent)

Terkait hubungan antara Indonesia dan Uzbekistan, ada kabar yang sangat mengembirakan. Wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Uzbekistan kini mendapatkan fasilitas bebas visa. Bebas visa kunjungan tersebut berlaku selama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang.

Peraturan bebas visa itu mulai berlaku pada 10 Februari 2018.

Seperti dikutip dari Kemlu.go.id, kebijakan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Uzbekistan yang berjudul "Langkah Lanjutan Pemerintah Untuk Menciptakan Suasana Kondusif bagi Pengembangan Turisme Potensial Republik Uzbekistan".

Selain Indonesia, Uzbekistan juga memberi fasilitas bebas visa bagi turis dari 6 negara lain. Di antaranya Israel, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Turki, dan Jepang.

Selain itu, pemerintah Uzbekistan juga meemberlakukan peraturan bebas deklarasi bagi turis yang membawa uang kurang dari US$ 2000.

Turis yang masuk dalam kategori tersebut akan diperbolehkan tak mendeklarasikan uangnya. Namun mereka dapat keluar di jalur bertanda hijau di bandara internasional Islam Karimov Tashkent.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Segera Atasi dengan Minyak Alami

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan cairan dalam tubuh dapat membuat bibir mudah kering dan pecah-pecah. Biasanya, atasi dengan minum banyak air saja sudah bisa membuat itu lebih baik. Benarkah? Namun, ada beberapa cara alami yang juga ampuh yaitu dengan mengoleskan minyak alami yang Anda bisa buat sendiri di rumah kapan pun.

Selain menghemat waktu, ramuan ini juga bisa menghemat uang Anda. Seperti yang dilansir dari Boldsky, berikut langkah membuat minyak alami di rumah dengan mudah untuk bibir pecah-pecah. 

Bibir Kering dan Pecah-Pecah? Atasi dengan Minyak Alami

Ilustrasi bibir (iStockphoto)

Secara kesat mata, Bibir adalah bagian yang cukup terlihat dan menonjol disaat bibir pecah-pecah. Jangan khawatir, dengan minyak alami dapat mengembalikan tampilan bibir Anda kembali normal. 

 

Bahan yang dibutuhkan

2 sendok makan minyak jarak

2 sendok makan minyak jojoba

2 sendok makan minyak esensial lavender

2 sendok makan minyak biji raspberry

1 Botol kaca untuk menyimpan minyak 

Cara Pengaplikasian

Kurangi bibir pecah-pecah dengan cara ini. (iStockphoto)

Cara membuatnya:

1. Pastikan bibir Anda sudah tidak pakai lipstik

2. tambahkan minyak jarak, minyak jojoba, dan minyak esensial lavender

3. tambahkan minyak biji raspberry

4. aduk sampai bahan menjadi satu

5. tuangkan isi mangkuk ke dalam toples dan simpan di tempat yang sejuk dan kering untuk digunakan lebih lanjut

6. Gunakan minyak ini setiap malam sebelum tidur

 

(Mariany)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

40 Tahun di Silicon Valley, Pria Indonesia Ini Berhasil Luluhkan Intel

Posted: 22 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Silicon Valley bisa dibilang sebagai kawasan industri teknologi paling prestisius di dunia.

Namun siapa sangka, di antara pegiat teknologi jenius kenamaan yang bekerja di sana, ada beberapa anak bangsa yang turut menimba ilmu di Silicon Valley, salah satunya adalah Rick Bleszynski.

Rick Bleszynski sendiri adalah salah satu dari beberapa yang berhasil mencoba peruntungan melanjutkan hidup di Amerika Serikat (AS). Upayanya bertolak ke Negeri Paman Sam sendiri pun bisa dibilang tak mudah.

Kepada Tekno Liputan6.com, pria yang karib disapa Rick ini bercerita kalau ia pindah ke Silicon Valley pada 1978.

Saat itu, ia masih berada di bangku SMA. Rick juga mengaku dirinya suka dengan dunia komputer sejak remaja.

Saat lulus dari SMA, ia memilih jurusan pengembangan teknologi mikroprosesor dan infrastruktur internet pada jenjang S1 dan S2.

Keputusan Rick untuk belajar tentang komputer, ternyata membawanya ke jalur yang diinginkan.

Saat lulus kuliah, Rick memulai karirnya dengan bekerja di sebuah perusahaan produsen chip.

Kala itu, Rick mengakui bahwa saat itu industri teknologi--khususnya dalam perangkat keras dan mikroprosesor--didominasi oleh Intel.

"Kompetisi dengan Intel sangat sulit waktu itu. Memang sampai sekarang, banyak perusahaan rival Intel mengakui kesulitan. Pasalnya, Intel memang rajanya mikroprosesor," tandas pria berkacamata ini.

Menariknya, kata Rick, Intel nyatanya tidak melulu menjadi yang terdepan untuk urusan prosesor.

Pada era 1990-an, perusahaan teknologi yang bermarkas di Santa Clara, AS itu justru sempat dibuat 'luluh' oleh Rick. Lantas, bagaimana bisa perusahaan sekaliber Intel bisa luluh dengannya?

Kisah Intel dan Rick

Tersandung Celah Keamanan, CEO Intel Malah Jual Saham. (Doc: Getty)

Pada 1990, Rick sadar kalau potensi internet masih dalam tahap awal.

Karenanya, ia butuh waktu dua tahun untuk membesut prosesor khusus untuk internet dengan kecepatan 155 Mbps untuk Wide Area Network.

"Waktu itu dengan infrastruktur yang ada, kecepatan perangkat yang mendukung internet cuma ada di angka 64 Kbps," kenangnya.

Prosesor internet besutan Rick bahkan diakui mengantongi pangsa pasar besar, 100 persen, secara global.

Beberapa perusahaan besar seperti Cisco, Alcatel, Nokia, Ericsson, dan Fujitsu bahkan menggunakan posesor besutannya.

Tahu bahwa peluangnya besar, akhirnya pada 1995 Rick mendirikan perusahaan kecilnya bernama Softcom Microsystems. Dua tahun kemudian, ia berhasil meng-upgrade prosesor internet baru dengan kecepatan 1,2 Gbps. Prosesor tersebut lagi-lagi sangat laku.

Barulah pada 1999, Intel menyadari akan 'kekuatan' dari prosesor internet besutan Rick cs. Dari situ, Rick bercerita kalau Intel mendatangi perusahaannya dan tertarik untuk membeli Softcom Microsystems.

"Pas 1999, Intel gedor-gedor pintu saya, mereka bilang ingin beli perusahaan ini soalnya mereka ingin supply ke perusahaan-perusahaan yang membuat switch encounter, seperti Cisco," ucapnya.

Tanpa berpikir panjang, Rick langsung menerima tawaran Intel. Menariknya, ia malah keluar dari perusahaan dan mendirikan perusahaan baru sesaat setelah dibeli Intel.

Era 2000

Rick Bleszynski, CEO Splend. Liputan6.com/Jeko I.R.

Pada 2000, Rick mendirikan perusahaan Bay Microsystems. Rick pun kembali menggarap prosesor internet dengan kecepatan lebih kuat, yakno 10 Gbps.

Sayang, pada 20013, Silicon Valley pun terguncang akibat peristiwa dotcom yang crash, sehingga mengakibatkan ribuan perusahaan tutup.

Sejumlah perusahaan yang membeli prosesor Rixk pun tak lagi melanjutkan kerja sama.

"Untungnya waktu itu masih ada pemerintah Amerika Serikat (AS) yang minat membeli perangkat kami, mereka waktu itu ingin kami buat router dan switch encounter," imbuhnya.

Dua sampai tiga tahun kemudian, Rick pun kembali diminta untuk menggarap prosesor internet dengan kecepatan 40 Gbps.

Dan kini, ia mengklaim perusahaannya mampu menggarap chip dengan kecepatan terbesar, 100 Gbps.

Hingga kini, Rick mengantongi delapan paten yang terdaftar di Amerika Serikat (AS) soal prosesor dan jairngan broadbad. Ia pun sekarang membuka perusahaan baru bernama Splend, penyedia infrastruktur Blockchain yang telah didirkan sejak 2016.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sistem Ganjil Genap Bakal Diterapkan saat Pertemuan IMF-Bank Dunia di Bali

Posted: 22 Sep 2018 09:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, penerapan sistem ganjil-genap bisa menjadi salah satu solusi atasi kemacetan pada saat penyelenggaraan International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) di Nusa Dua, Bali, pada 8-14 Oktober 2018.

Dia juga menyatakan, pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Perhubungan terus menjaga komunikasi dengan Pemerintah Daerah hingga pihak Kepolisian Bali agar annual meeting tingkat dunia ini dapat berjalan lancar.

"Kita tentunya koordinasi intensif dengan Pemerintah Bali. Kita akan upayakan lakukan pengaturan-pengaturan di jalan-jalan tertentu seperti yang biasa kita lakukan di Jakarta," ungkap dia di Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (23/9/2018).

"Satu sampai dua hari ini akan saya pikirkan, bagaimana caranya agar kemacetan jangan sampai terjadi di sana. Soalnya IMF ini sangat prestisius untuk kita, dan bisa menjadi satu titik untuk meningkatkan pariwisata," sambungnya.

Sebelumnya, Bank Indonesia (BI) menekankan bahwa pertemuan IMF-WBG 2018 di Nusa Dua, Bali ini akan menjadi ajang unjuk gigi kekuatan ekonomi Asia, termasuk Indonesia, kepada dunia.

Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo menyampaikan, forum yang diikuti oleh 189 negara dengan dihadiri oleh sekitar 15 ribu delegasi ini dilaksanakan tepat ketika negara-negara Asia tengah berupaya lepas dari krisis ekonomi yang menghantam dunia.

"Forum ini adalah forum showcase memperlihatkan ekonomi Asia. Pesan yang ingin disampaikan adalah bahwa negara-negara Asia telah menjadi negara yang strong (kuat), reformed (bereformasi) dan resilient (ulat)," ujar dia.

Agar penyelenggaraan IMF-WBG berjalan baik, Menteri Budi tak menutup kemungkinan bila sistem pengaturan lalu lintas seperti ganjil-genap akan diterapkan di Bali.

"Mungkin sekali (ganjil-genap diterapkan), tapi masih kita pikirkan. Pengalihan lalu lintas juga mungkin. Itu untuk kendaraan lokal. Untuk tamu kita bebaskan," pungkas dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat: Projo Kibarkan Bendera saat SBY Melintas di Acara Deklarasi Damai

Posted: 22 Sep 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) walkout dalam acara kampanye damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

SBY kecewa karena parpol lain membawa atribut kampanye. Sedangkan Demokrat hanya membawa atribut yang disediakan KPU. SBY pun meninggalkan acara dan menitip pesan kepada Sekjen Demokrat Hinca Panjaitan di lokasi.

"Pak Hinca, ini bukan dari KPU kan? Di kita yang tertib karena yang lain melanggar semua, jadi saya sudah tau. Bapak (Hinca) yang mimpin, nanti kalau ditanya, Pak SBY sengaja meninggalkan tempat kerena Demokrat tertib sesuai aturan, tapi yang lain sudah berkampanye, sudah gitu aja," kata SBY kepada Hinca di lokasi.

Terpisah, Ketua DPP Bidang Advokasi dan Hukum Demokrat Ferdinand Hutahaean geram ada kelompok lain yang membawa atribut di luar ketentuan KPU. Dia pun menuding kepada kelompok simpatisan capres Jokowi.

"Dari KPU jelas edaran dan keputusan yang kami terima adalah melarang kampanye membawa alat peraga kampanye karena semua disediakan KPU, dan kami mengikuti aturan itu dan ternyata yang lain tidak mengikuti dan kami merasa terjebak dalam euforia permainan sekelompok pendukung Pak Jokowi," ujarnya.

Lanjutnya, saat rombongan SBY melintas, relawan Projo (Pro Jokowi) mengibarkan bendera. Menurutnya, hal ini tidak adil dalam deklarasi yang bertajuk damai ini.

"Kami lihat di situ ada bendera Projo, dan bahkan posko Projo, ini kami anggap ketidakadilan di dalam deklarasi kampanye damai, maka Pak SBY bersama Pak Zulkifli Hasan ya menyatakan protes dan meninggalkan acara lebih awal," tuturnya.

Projo Nilai Berlebihan

Sementara, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi Budi Arie Setiadi menyebut sikap Demokrat berlebihan. Menurutnya, pihaknya hanya merayakan pemilu yang damai dan gembira. Simpatisan Jokowi juga mengikuti acara sesuai aturan.

"Enggak lah gak ada provokasi ini kan kampanye damai, tujuan kampanye damai kan untuk merayakan kesepakatan bahwa kita akan menyelenggarakan pemilu pilpres dan pileg dengan baik dan damai jujur dan demokratif," ujarnya.

Reporter: M Genantan

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming O Channel PSM Vs Sriwijaya FC di Liga 1

Posted: 22 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - PSM Makassar akan menghadapi Sriwijaya FC di Stadion Andi Mattalatta, Minggu (23/9/2018) dalam lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Laga ini akan disiarkan live dan eksklusif di OChannel.

PSM ingin meneruskan momen positif usai menang di kandang PS Tira pada 19 September lalu. Kemenangan itu sekaligus mengakhiri paceklik kemenangan PSM pada lima laga Liga 1 sebelumnya. Dalam laga lima sebelumnya, PSM hanya mampu meraih empat imbang dan sekali salah.

Pelatih PSM, Robert Alberts, yakin skuatnya bisa meraih tiga poin di kandang sendiri. Sebelumnya, Juku Eja tercatat dua kali ditahan imbang tim tamu pada putaran kedua Liga 1 2018 di Makassar, yakni Perseru Serui 2-2 (5/8/2018) dan Barito Putera 1-1 (13/9/2018).

Sementara pelatih Sriwijaya, Subangkit juga yakin skuatnya meraih poin pada pertandingan besok. Apalagi, dia sudah bisa memainkan Alan Henrique, bek yang absen saat Sriwijaya ditahan Persebaya 3-3 pada pekan ke-22 (16/9/2018).

Kehadiran Alan dibutuhkan sebagai komando lini belakang untuk meredam serangan PSM, terutama menghalau serangan Juku Eja yang mengandalkan sisi sayap.

Live Streaming O Channel PSM Vs Sriwijaya FC di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming O Channel PSM Vs Sriwijaya FC di Liga 1 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming O Channel PSM Vs Sriwijaya FC di Liga 1 silakan klik di sini...

 

Perkiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper) Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang) Marc Klok, Rizki Pellu, Wiljan Pluim (tengah), M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (kiper); Marckho Sandy, Achmad Faris, Goran Ganchev, Zalnando; Zulfiandi, Yu Hyun-koo, Nur Iskandar, Manuchekhr Dzhalilov, Esteban Vizcarra; Alberto Goncalves

Pelatih: Subangkit

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dapatkan Diskon Hotel, Makan, dan Rekreasi dengan Boarding Pass Kereta Api!

Posted: 22 Sep 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang hobi travelling, tentu harus memikirkan moda transportasi yang tepat. Anda dapat memilih menggunakan angkutan publik atau yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Transportasi menjadi aspek yang harus direncanakan dengan matang agar liburan berjalan lancar dan berkesan.

Salah satu moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat adalah kereta api. Hal ini terlihat dari keterisian okupansi yang tinggi, khususnya pada akhir pekan atau hari libur nasional. Selain fasilitas dan pelayanannya yang nyaman, bepergian dengan kereta api juga lebih aman dan tepat waktu.

Ada hal yang harus Anda ketahui dan manfaatkan jika berencana melakukan liburan ke berbagai kota dengan moda kereta api. Boarding pass atau e-boarding pass kereta api yang Anda gunakan dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan potongan harga atau diskon di berbagai merchant yang telah bekerja sama dengan KAI.

Saat ini, KAI telah melakukan kerja sama dengan hotel, tempat wisata, wahana rekreasi, tempat makan, toko-toko roti, dan rumah sakit.

Anda hanya perlu menunjukkan boarding pass atau e-boarding pass disertai identitas diri kepada petugas penjualan di setiap merchant yang Anda kunjungi. Diskon yang diberikan serta syarat dan ketentuan berlaku sesuai dengan masing-masing merchant atau mitra.

Informasi lebih lanjut seputar merchant yang telah menjadi mitra PT KAI dapat Anda akses di web https://kai.id/. Jadi, maksimalkan layanan KAI dan dapatkan diskon-diskon menarik yang akan menjadikan liburan Anda lebih berkesan!

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Tewaskan 25 Orang, Begini Suasana Mencekam Saat Serangan ke Parade Militer Iran

Posted: 22 Sep 2018 09:30 PM PDT

Seorang tentara berlari melewati rekannya yang tergeletak saat serangan pada parade militer di Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Para pemimpin Iran menuduh negara-negara Teluk yang didukung Amerika Serikat berada di belakang serangan. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Seorang tentara berlari melewati rekannya yang tergeletak saat serangan pada parade militer di Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Para pemimpin Iran menuduh negara-negara Teluk yang didukung Amerika Serikat berada di belakang serangan. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Pria, wanita, dan anak-anak tergeletak saat terjadi serangan pada parade militer di Kota Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Sejumlah pria bersenjata menembaki tentara dan pejabat Garda Revolusi saat parade militer berlangsung. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Pria, wanita, dan anak-anak tergeletak saat terjadi serangan pada parade militer di Kota Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Sejumlah pria bersenjata menembaki tentara dan pejabat Garda Revolusi saat parade militer berlangsung. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Seorang pria membantu wanita dan anak-anak melarikan diri saat terjadi serangan pada parade militer di Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Hampir separuh yang tewas dalam serangan Ahvaz adalah anggota Garda Revolusi. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Seorang pria membantu wanita dan anak-anak melarikan diri saat terjadi serangan pada parade militer di Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Hampir separuh yang tewas dalam serangan Ahvaz adalah anggota Garda Revolusi. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Tentara Iran berlindung di selokan saat terjadi serangan pada parade militer di Kota Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Serangan dilancarkan pada pukul 09.00 waktu setempat dan berlangsung selama 10 menit. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Tentara Iran berlindung di selokan saat terjadi serangan pada parade militer di Kota Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Serangan dilancarkan pada pukul 09.00 waktu setempat dan berlangsung selama 10 menit. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Tentara membawa pergi rekan mereka yang terluka saat terjadi serangan pada parade militer di Kota Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Parade militer ini untuk memperingati pecahnya perang Iran-Irak pada 1980-1988. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

Tentara membawa pergi rekan mereka yang terluka saat terjadi serangan pada parade militer di Kota Ahvaz, Iran, Sabtu (22/9). Parade militer ini untuk memperingati pecahnya perang Iran-Irak pada 1980-1988. (MORTEZA JABERIAN/ISNA/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Persib Vs Persija di Liga 1

Posted: 22 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/2018) dalam lanjutan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Duel sengit ini bisa disaksikan langsung di Indosiar.

Sepanjang sejarahnya, Persija lebih diunggulkan. Tercatat dalam 39 pertemuan sejak musim 1994/95, Macan Kemayoran, julukan Persija, tercatat meraih 17 kemenangan atas Persib. Sedangkan, Persib hanya meraih enam kemenangan.

Bahkan, para pertemuan pertama Liga 1 2018 di Stadion PTIK, Jakarta, Persija menang 1-0 atas Persib.

Persib terakhir kali kalahkan Persija pada 3 Maret 2013 lalu dengan skor 3-1. Inilah yang membuat bobotoh Persib begitu haus dengan kemenangan, sama seperti yang dirasakan pelatih Mario Gomez.

Live Streaming Indosiar Persib Vs Persija di Liga 1 dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Indosiar Persib Vs Persija di Liga 1 di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Indosiar Persib Vs Persija di Liga 1 silakan klik di sini...

 

Perkiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): M. Natshir (Kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Ghozali Siregar, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (tengah); Jonathan Bauman, Ezechiel N'douassel (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanusa (bek); Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Renan da Silva (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kagumi Vanesha Prescilla, Vidi Aldiano: Sayang Sudah Punya Pacar

Posted: 22 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vidi Aldiano diam-diam ternyata mengagumi pemeran Milea dalam film Dilan 1990, Vanesha Prescilla. Pelantun "Nuansa Bening" ini menuturkan, sebagai pria ia, mengagumi paras cantik nan lucu Vanesha.

Selain itu, di mata Vidi Aldiano, paras adik Sissy Priscillia ini sangat tidak membosankan untuk dipandang. Namun sayangnya, kata Vidi Aldiano, Vanesha sudah memiliki seorang kekasih. 

"Anaknya lucu, amat sangat menarik menurutku, tapi sayang sudah punya pacar," kata Vidi Aldiano ditemui di Jakarta baru-baru ini. Kabarnya, Vanesha memang tengah menjalin asmara dengan Adipati Dolken.

Saking sukanya, Vidi Aldiano meminta agar Vanesha menjadi model dalam videoklip lagu terbarunya yang berkolaborasi dengan, Jevin Julian dan Sheryl Sheinafia.

 

Dibujuk Sang Kakak

(Adrian Putra/Bintang.com)

Yang beruntung, keinginannya itu bisa terealisasi lantaran Jevin Julian sebagai kakak Vanesha, bisa membujuknya.

"Kemarin baru rilis videoklip ada Sasa (Vanesha). Aku yang request ada dia di videoklip," kata Vidi Aldiano sembari tertawa.

 

Girang

Vidi Aldiano. (Nurwahyunan/bintang.com)

Senang, begitu yang dirasakan Vidi Aldiano saat keinginannya bisa terwujud. "Akhirnya bisa syuting bareng dan seneng sih," kata Vidi Aldiano.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Asian Para Games Momentum Perbaiki Fasilitas Ramah Difabel

Posted: 22 Sep 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta ajang Asian Para Games 2018 jadi momentum untuk menggenjot perbaikan fasilitas supaya ramah bagi penyandang disabilitas.

Anies mengajak warga Jakarta menjadikan Asian Para Games sebagai momentum untuk menyadarkan bahwa kesetaraan harus ada kepada semua aspek.

"Kesempatan, dan fasilitas harus setara," papar dia di Monas, Minggu (23/9/2018).

Anis Baswedan ingin menumbuhkan kesadaran tentang kesetaraan. Betapa pentingnya memberikan perhatian ekstra.

Selama ini fasilitas-fasilitas publik sangat kurang layak untuk penyandang disabilitas. Misalnya, penyandang tunanetra ketika naik kendaraan umum.

"Mereka pernah mengeluhkan bahwa naik kendaraan umum, tidak tahu sekarang sudah sampai dimana karena tidak ada pemberitahuan," ujarnya.

Bagi mereka yang tunanetra, lanjut Anies, itu masalah besar.

"Nah kejadian-kejadian seperti ini sering tidak disadari oleh masyarakat," ujar Anies Baswedan.

Siapkan Bus Ramah Difabel

Anies telah menginstruksikan aparatur untuk memanfaatkan momen Asian Para games untuk memperbaiki pelayanan bagi warga disabilitas di Jakarta. Antara lain, kesehatan, keamanan. Sebab, semuanya warga indonesia memiliki hak yang sama.

"Misalnya untuk bus kita siapkan busnya dengan dek rendah sehingga ramah bagi penyandang disabilitas, begitu juga dengan fasilitas-fasilitasumum utamanya di jalan-jalan protokol sejak beberapa bulan lalu sudah kita mulai dorong ada perbaikan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menganjurkan gedung-gedung yang ada di jalan protokol untuk memanfaatkan momen Asian Para games ini untuk memastikan fasilitasnya ramah penyandang disabilitas.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pembukaan Festival Pesona Danau Limboto 2018 Sampaikan Pesan Perdamaian

Posted: 22 Sep 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Gorontalo Festival Pesona Danau Limboto 2018 resmi dimulai pada Kamis (20/9/2018). Even ini akan berlangsung hingga Selasa (25/9/2018). Pembukaan festival berlangsung di Danau Limboto, Gorontalo. 

Pembukaan diawali dengan Tarian Kolosal tentang Popa-Eyato. Tarian ini dibawakan dengan sangat ciamik oleh penari gabungan dari Pemerintah Kabupaten Gorontalo untuk menyampaikan pesan kedamaian.

Tarian Popa-Eyato terinspirasi dari kisah antara dua pemimpin masa lalu, yaitu Raja Popa di Limboto dan Raja Eyato di Gorontalo di sekitar abad ke-17. Keduanya dikenal kerap terlibat perang.

Namun, Raja Popa dan Raja Eyato bersepakat mengakhiri masa-masa perang. Perjanjian damai pun dilakukan di Danau Limboto.

Sebagai simbol perdamaian, kedua Raja menenggelamkan dua buah cincin yang saling berkait, senjata, dan alat perang. Peristiwa tersebut dikenal sebagai perjanjian Damai Popa-Eyato.

Makna dari kisah tersebut berhasil dibawakan dengan sangat luwes dan luar biasa oleh para penari. 

Menurut Ketua Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuty, Festival Pesona Danau Limboto memiliki kemasan yang bagus.

"Ini event yang sangat bagus. Apalagi pembukaan dilangsungkan di Danau Limboto. Suasananya semakin keren. Kemasan pembukaannya bisa mewakili event," ucapnya, Jumat (21/9).

Selain tari Popa-Eyato, atraksi budaya lain yang disuguhkan saat pembukaan antara lain Tidi Lo Bituo, Mailadungga, Biteya, dan Saronde.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, berharap event tersebut bisa mengangkat pariwisata daerahnya.

"Festival Danau Limboto adalah momentum yang tepat untuk mengembangkan pariwisata Kabupaten Gorontalo. Apalagi ada banyak agenda di dalamnya," kata dia, saat membuka festival.

Agenda yang terdapat di Festival Pesona Danau Limboto antara lain fun bike, dulamayo adventure, color run, pameran, lomba foto, dan lomba video. Pada hari kedua, festival dimeriahkan dengan Multi Ethnic Carnival. Dalam kegatan ini, para peserta menampilkan beragam kreativitas kostum.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, ikut memberikan respons positif terhadap Festival Danau Limboto. Menurut Menteri yang memimpin Kementerian Terbaik 2018 di Asia Pasifik itu, nilai budaya selalu mampu menarik perhatian wisatawan.

"Namanya budaya, semakin dilestarikan semakin tinggi nilainya. Nilai budaya inilah yang ingin disaksikan wisatawan. Jadi, silakan eksplorasi budaya dan alam agar pariwisata semakin oke," ujarnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MRT Jakarta Bakal Tersambung LRT dan Bus

Posted: 22 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus giat mempersiapkan Mass Rapid Transit (MRT) sebagai sarana transportasi publik baru di Jakarta yang terhubung dari Kampung Bandan menuju Lebak Bulus.

Tidak hanya MRT, ke depannya Kemenhub membuka wacana baru untuk mengintegrasikannya dengan kendaraan atau angkutan pengumpang (feeder) seperti bus hingga Light Rail Transit (LRT).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap, keberadaan transportasi umum seperti MRT nantinya bisa mengurai kemacetan hingga meredakan tingkat polusi di Ibu Kota yang kian parah.

Namun begitu, ia menekankan, kesiapan yang pemerintah secara Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) terbatas. Oleh karenanya, ia ingin mengajak pengembang swasta untuk ikut menyumbangkan bantuan dalam pembangunan MRT.

"Jangan hanya mengandalkan pemerintah. Karena selain uangnya terbatas, kita punya kebijakan untuk membangun di daerah-daerah pinggiran. Kami minta mereka (swasta) membuat proposal, dilaksanakan swasta melakukan itu. Kalau pun ada pemerintah, pemerintah jangan banyak (peran) di sana," urainya di Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Dia pun menyatakan adanya sebuah ide baru, yakni pembangunan MRT beserta stasiunnya nanti akan terintegrasi dengan angkutan feeder. "Feeder-nya macam-macam. Dari yang paling canggih namanya LRT, terus kita bisa buat people mover, bisa juga bikin kereta kapsul. Tapi yang paling sederhana kita bisa buat bus," kata dia.

Menhub Budi juga mengimbau pihak pengembang swasta yang mau ikut serta dalam proyek ini agar mengutamakan kepentingan masyarakat selaku pengguna MRT dibanding keuntungan perseroan semata. Dengan adanya kerjasama dengan pengembang swasta, ia optimistis nilai investasi yang tergolong besar bisa tertutupi.

"Oleh karenanya kita akan membuat masterplan yang sudah dibuat BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) dengan detail yang lebih konkret. Dan saat membahas detail, para pengembang kita ajak bicara," sambungnya.

Terkait besaran investasi tersebut, dia menyebutkan, sebagai angkutan pengumpan memakan biaya terendah, yakni sekitar Rp 160 miliar. Sementara LRT menjadi yang paling mahal.

"Bus guided itu yang paling murah, per km sekitar Rp 160 miliar. Kalau 5 km kali lima ya Rp 800 miliar. Kalau yang di atasnya, Rp 200-250 miliar itu kereta kapsul. Kalau people mover Rp 300 miliar, LRT kira-kira Rp 500 miliar per km," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Parade Momo Asian Para Games 2018 Diikuti Ribuan Peserta

Posted: 22 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan peserta mengikuti Parade Momo sebagai ajang promosi Asian Para Games 2018, Acara ini berlangsung di silang tenggara Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Ribuan peserta terdiri dari atlet-atlet Indonesia di Asian Para Games, perkumpulan disabilitas Indonesia, taruna-taruni Akademi Kepolisian Republik Indonesia, pasukan pengibar bendera, perwakilan kementerian-kementerian, perwakilan administrasi DKI Jakarta, sponsor, serta siswa-siswi sekolah di DKI Jakarta.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, serta Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari melepas Parade Momo sekitar pukul 07.30 WIB.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 bukan hanya momentum untuk merebut medali, melainkan juga penghargaan kesetaraan terhadap atlet-atlet difabel.

"Penyelenggaraan Asian Para Games sekaligus mampu menjadi ajang persatuan nasional. Jika ada dinamika politik dan gesekan yang terjadi, mari kita kembali ke semangat Momo," ujar Menpora Imam seperti dikutip dari Antara.

Promosi

Ribuan orang ikut parade Momo di Monas Sambut Asian Para Games

Ketua INAPGOC Okto mengatakan Parade Momo selain bertujuan mempromosikan Asian Para Games juga untuk menggelorakan semangat kepedulian dan kesetaraan terhadap penyandang disabilitas.

"Jumlah peserta yang mengikuti Parade Momo ini mencapai 10 ribu orang dari target kami 4.000 orang. Ini merupakan bentuk dukungan besar terhadap Asian Para Games 2018," kata Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (INAPGOC) Raja Sapta Oktohari dalam sambutan jelang pelepasan parade.

"Kami tidak berkompetisi dengan Asian Games, tetapi dengan penyelenggaraan Asian Para Games sebelumnya di Guangzhou, China dan Incheon, Korea Selatan. Kami harus mampu membuktikan penyelenggaraan yang lebih baik dibanding sebelumnya," kata Okto.

Rute

Parade Momo dimulai dari silang tenggara Monas Jakarta menuju jalan Medan Merdeka Selatan dan berputar kembali ke silang tenggara Monas.

Parade Momo juga dimeriahkan kehadiran balon Momo sebagai Maskot Asian Para Games 2018 dan panggung hiburan yang dimeriahkan sejumlah selebritas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Zulkifli Hasan: Jokowi-Prabowo Akur, Jangan Sampai di Bawah Bertengkar

Posted: 22 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan berharap, deklarasi kampanye damai memberikan kesejukan seluruh pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Yang bersaing kan Pak Jokowi dan Prabowo. Mereka kawan baik, dua-duanya kader terbaik Indonesia. Jadi jangan sampai atas akur, di tingkat provinsi sampai kabupaten bertengkar," katanya usai deklarasi kampanye damai di Monas Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Zulkifli Hasan menuturkan, Pemilu 2019 merupakan agenda rutin lima tahun sekali. Jangan sampai karena perbedaan sikap politik, para pendukung saling bertikai.

Dia mengajak para pendukung mencontoh kesantunan dan keakraban Jokowi dengan Prabowo maupun Sandiaga dengan Ma'ruf Amin.

"Sudah lah gimana baiknya. Sandi cium tangan Kiai Ma'ruf. Jokowi puji Prabowo. Nanti ketemu lagi pelukan, kan keren," ucapnya.

Zulkifli Hasan memastikan, koalisi Prabowo-Sandiaga selalu memberikan arahan kepada para pendukungnya untuk tidak bertikai meski beda pendapat di Pemilu 2019.

Dia juga memastikan, kubu Prabowo-Sandiaga tidak akan menggunakan kampanye SARA maupun hoax.

"Sejak 1945 kita sudah sepakat nggak boleh lagi. Jangan tanya-tanya lagi lah suku agama, itu sudah selesai," tegas dia.

Anti SARA dan Hoaks

Deklarasi kampanye damai Pemilu 2019 mengambil tema kampanye "anti-SARA dan hoaks menjadikan pemilih berdaulat agar negara kuat".

Ketua KPU Arief Budiman mengingatkan para peserta Pemilu agar melakukan kampanye sesuai ketentuan dan perundang-undangan.

"Tawarkan visi, misi, program, dan citra diri peserta. Berikan pendidikan politik yang baik," tegasnya.

KPU berharap masa kampanye dimanfaatkan dengan baik, damai, tertib dan tidak menggunakan isu SARA. Arief juga berharap peserta pemilu tidak menyebarkan berita hoaks, tidak menggunakan politik uang dan tak saling menghujat.

 

Reporter: Titin Supriatin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemprov Gorontalo Sambut Kedatangan Jemaah Haji

Posted: 22 Sep 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Gorontalo menyambut kedatangan 447 haji kelompok terbang (kloter) 29 yang tiba di Mess Haji Kota Gorontalo pada Jumat, 21 September 2018. Jemaah haji melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) dan dibantu oleh petugas.

Mereka tiba di Gorontalo dengan tiga penerbangan dari Bandara Internasional Hasanuddin, Makassar. Jumlah seluruh jamaah di kloter 29 terdiri dari 448 haji, namun satu diantaranya meninggal dunia, seperti dilansir Antara, Minggu (23/9/2018).

Jemaah haji tersebut adalah Sara Basiru binti Duke Tuu (70) rombongan 8 regu 31 asal Kota Gorontalo yang meninggal dunia di Makkah pada 11 Agustus 2018 karena serangan jantung.

"Selama di Tanah Suci, ada 20 jemaah yang mengalami sakit baik berat dan ringan, dan telah ditangani oleh petugas kesehatan di klinik sektor KKHI maupun di rumah sakit Arab Saudi. Dilaporkan juga ada 29 jemaah yang harus menggunakan kursi roda selama beribadah," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Provinsi Gorontalo Kudrat Dukalang.

Sementara itu, Pelaksana harian Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Gorontalo Sukri Botutihe menyampaikan terima kasih kepada para petugas haji yang sudah bekerja keras selama ini. Menurut dia, pelaksanaan haji 1439 Hijiriah berjalan dengan sangat baik tanpa kendala berarti.

"Bapak gubernur terus berupaya agar pelaksanaan haji dari tahun ke tahun semakin baik. Termasuk rencana pemerintah untuk membentuk Embarkasi Haji Penuh bisa segera terwujud," kata Sukri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Jumlah Jemaah Haji

Iis, menjaga jemaah haji perempuan Indonesia saat berziarah ke Raudhah di Masjid Nabawi. (www.kemenag.go.id)

Sukri memaparkan, jemaah haji kloter 29 tersebut berasal dari lima kabupaten dan satu kota. Jumlah itu terdiri dari 279 jemaah asal Kabupaten Gorontalo, 77 jemaah asal Kota Gorontalo, dan 47 jemaah asal Kabupaten Pohuwato.

Sedangkan, lanjut dia, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo Utara, dan Boalemo masing-masing terdiri dari 34, 8, dan 2 jemaah haji.

"Dengan kembalinya Kloter 29 UPG ke tanah air, maka berakhir pula rangkaian pelaksanaan Embarkasi dan Debarkasi EHA Asal Provinsi Gorontalo," tegas Sukri.

Jemaah asal Gorontalo dibagi ke dalam tiga kloter yakni 25, 28, dan kloter 29.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Pertanian Dorong BUMN Bermitra dengan Peternak

Posted: 22 Sep 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Malang Produksi susu dalam negeri saat ini masih jauh dari mencukupi untuk pemenuhan kebutuhan nasional, sehingga perlu untuk terus dikembangkan. Peningkatan skala usaha kepemilikan ternak bagi peternak merupakan salah satu solusi untuk mendongkrak peningkatan populasi sapi di dalam negeri.

Karena itu, kemitraan antara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta dengan peternak melalui program Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) diharapkan menjadi solusi.

"Untuk meningkatkan skala usaha peternak sapi perah, Kementerian Pertanian melalui Ditjen PKH terus mendorong semua pihak, baik swasta maupun BUMN bermitra dengan peternak," ujar Fini Murfiani, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, saat menghadiri penandatanganan nota kesepahaman antara PT. Jasindo selaku BUMN dengan Koperasi Agro Niaga (KAN) Jabung, pada Sabtu (22/9/2018).

Ia menyebutkan, produksi susu segar nasional 2017 masih rendah, yaitu 922,9 ribu ton dan sampai saat ini 79,2 persen kebutuhan susu masih diimpor dari luar negeri. Menurut Fini, hal ini disebabkan perkembangan populasi dan produktivitas sapi perah masih belum sesuai harapan.

Berdasarkan data BPS 2017, rumah tangga peternakan sapi perah nasional saat ini sebanyak 142 ribu, yang sebagian besar merupakan peternak kecil dengan kepemilikan sapi perah dibawah empat ekor. Selama ini, pengembangan sapi perah dengan berbagai upaya telah dilaksanakan oleh pemerintah, diantaranya bantuan ternak, program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab), subsidi bunga kredit usaha pembibitan sapi (KUPS) dan kridit usaha rakyat (KUR), bantuan premi asuransi, serta fasilitas pengembangan investasi dan kemitraan.

Namun, dengan keterbatasan APBN, penambahan sapi belum bisa sepenuhnya difasilitasi oleh pemerintah. Untuk itu, diperlukan sumber-sumber pembiayaan yang murah melalui non APBN.

Fini pun mengapresiasi langkah PT Jasindo dimana selain menjadi offtaker dan avalis, juga melakukan pendampingan dan pemberdayaan. Menurutnya, program kemitraan dari BUMN ini merupakan salah satu sumber pembiayaan yang murah dengan bunga tiga persen dan lama pengembalian tiga tahun. Skema dengan bunga yang sama telah lama diusulkan oleh Ditjen PKH, tetapi baru disetujui KUR dengan bunga tujuh persen.

"Pemerintah memberikan apresiasi kepada PT. Jasindo yang telah percaya kepada usaha peternakan dan meluncurkan Program Kemitraan BUMN kepada 50 orang peternak anggota KAN Jabung dengan total pembiayaan Rp. 1 Miliar. Pembiayaan ini akan digunakan untuk pembelian 50 ekor sapi perah oleh KAN Jabung," ucap Fini.

Dirinya pun berharap ini merupakan langkah awal dan mamacu lebih banyak BUMN maupun swasta untuk mau bermitra dengan peternak kecil, sehingga percepatan peningkatan produksi susu sapi di dalam negeri lebih cepat terealisasikan.

"Mari BUMN-BUMN yang ikut bersama-sama bersinergi membangun usaha peternakan lewat PKBL. Begitu juga swasta dengan memanfaatkan program Corporate Social Responsibility (CSR). Kami berharap, lebih banyak lagi koperasi-koperasi bahkan swasta baik IPS maupun Farm ikut berperan sebagai pendamping. Avalis dan off taker bagi peternak kecil, sehingga kita bersama-sama berkembang dan mewujudkan percepatan peningkatan produksi susu nasional," kata Fini. 

Selain PT. Jasindo di Jawa Timur, program kemitraan dengan peternak sapi perah juga sudah dilaksanakan oleh Sucofindo dan PT. Pelindo III dengan Koperasi Setia Kawan di Kabupaten Pasuruan sebesar Rp 15,2 milyar. Bantuan ini diberikan untuk 24 kelompok yang beranggotakan 554 orang dengan jumlah sapi yang dimiliki sebanyak 1.080 ekor.

Sucofindo juga telah memfasilitasi program Bina Lingkungan dengan mendukung pengembangan kampung susu sebagai agrowisata dan edukasi di Koperasi Setia Kawan Pasuruan. Fini mengatakan, apabila PKBL ini dimanfaatkan dengan baik, maka akan lebih banyak lagi PKBL bagi peternak.

Bina Lingkungan untuk sapi perah dapat berupa sarana pengolahan biogas, pupuk, alat angkut susu berpendingin, dan alat pengolahan pakan. Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain, pemberdayaan dan pengembangan kemitraan usaha yang mewujudkan percepatan peningkatan produksi dan produktifitas, serta menyejahterakan. Lalu, peningkatan kepercayaan pada kemampu-labaan sektor usaha peternakan, optimalisasi asuransi ternak sapi khususnya untuk sapi perah dan peningkatan pemanfaatan asuransi ternak mandiri, dan terakhir replikasi pola kemitraan dengan memanfaatkan PKBL kepada pelaku usaha peternakan lain.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Hujan Mundur, Petani Cilacap Diimbau Bersabar

Posted: 22 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Dalam kalender Pranata mangsa atau musim masyarakat Jawa, September disebut sebagai Mangsa Ketelu atau ketiga. Normalnya, mangsa Ketelu adalah puncak musim kemarau sebelum Oktober yang disebut musim Kapat.

Mangsa Kapat bagi petani adalah pertanda untuk memulai tanam di ladang, yang disebut sebagai Manja atau menanam dengan cara menugal. Bagi petani, Oktober adalah berkah. Di bulan ini, hujan turun secara konstan.

Tetapi, anomali cuaca terjadi pada September 2018. Di awal September lalu, hujan turun di berbagai wilayah di Jawa Tengah bagian selatan. Pun, pada dasarian kedua hingga awal dasarian ketiga September ini.

Di sejumlah wilayah, seperti Pekuncen Kabupaten Banyumas misalnya, pada 19 September 2018 kemaren, hujan deras turun sepanjang sore hingga nyaris tengah malam. Hujan cukup deras juga turun di Cilongok dan Purwokerto.

Kondisi ini juga terjadi di Cilacap, Kebumen, dan wilayah Jawa Tengah bagian selatan lainnya. Pendek kata, hujan terjadi nyaris merata dan bikin bungah petani.

Namun, ternyata, hujan dasarian ketiga September ini bukan lantaran musim penghujan datang lebih cepat dari biasanya. Hujan di bulan September lebih banyak dipengaruhi oleh Madden-Julian Oscillation (MJO).

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Pengamatan Cilacap, Deas Rifai mengatakan, fenomena MJO ini menyebabkan terkonsentrasinya awan yang lantas menyebabkan hujan di sejumlah wilayah.

Namun, ia menyebut pengaruh MJO hanya insidental atau sementara. Hujan akan berhenti dalam beberapa hari.

Setelah itu, wilayah Jateng selatan akan kembali kering lantaran masih berada di musim kemarau. Petani pun belum bisa memulai musim tanam.

"Namanya fenomena MJO, dia bergerak dan menyebabkan pertumbuhan awan dan menambah jumlah curah hujan. Tetapi, dia hanya harian saja. Fenomena ini hanya tiga atau empat hari," kata Deas, Jumat, 21 September 2018.

Kapan Waktu Tepat Musim Tanam?

Petugas BMKG tengah mengotrol peralatan pemantau cuaca. (Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Deas menjelaskan, musim kemarau bukan berarti musim tanpa hujan sama sekali. Di musim kemarau tetap ada hujan, meski biasanya intensitasnya ringan dan tak merata.

Adapun musim penghujan Jawa Tengah bagian selatan diperkirakan baru akan tiba di area ini pada akhir Oktober dan November. Karenanya, BMKG mengimbau agar petani tadah hujan di Jateng Selatan menunda musim tanam meski wilayahnya sudah berkali-kali diguyur hujan.

"Untuk petani sendiri, statemen kita, mundur ya. (Karena) untuk awal musim penghujannya mundur sekitar November," dia menegaskan.

Tentu imbauan ini adalah untuk para petani di kawasan tadah hujan. Adapun wilayah yang teraliri irigasi teknis tak terlampau berpengaruh.

Deas mengemukakan, selain fenomena MJO, curah hujan di beberapa wilayah juga dipengaruhi oleh faktor lokal. Di antaranya, kontur wilayah dan ketinggian wilayah.

Di luar itu, cuaca juga dipengaruhi faktor regional. Antara lain, melemahnya badai Mangkhut yang berpengaruh terhadap pola angin.

Namun, dia menyebut pola angin ini tak berpengaruh siginifikan terhadap cuaca lokal di Jateng selatan. Pengaruh hanya pada pola anginnya saja.

"Sekarang angin yang terbawa dari daratan Australia masih kering. Permukaan laut juga masih dingin. Jadi musim hujan belum tiba," dia menambahkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Mudah Kembangkan Kreativitas Anak

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kreativitas adalah satu bekal keterampilan yang bermanfaat bagi anak menjalani kehidupan. Keterampilan ini bisa diajarkan dan diasah oleh orangtua dan guru.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan ortu untuk mengajarkan kreativitas pada anak, seperti yang dilansir oleh Vemale dari eparenting.co.uk berikut ini.

1. Seni dan Kerajinan

Ini adalah cara paling umum yang bisa dilakukan orangtua jika ingin mengajarkan kreativitas pada anak. Anak bisa diajak melakukan berbagai kreasi seni dan kerajinan tangan seperti menggambar, membuat mainan, DIY dan lain sebagainya yang melibatkan berpikir kreatif dan bebas.

2. Membaca

Membaca adalah cara terbaik dan sederhana dalam mengembangkan kreativitas. Budaya membaca perlu diajarkan pada anak karena bisa mengembangkan imajinasi, ide dan daya berpikirnya. Membaca juga bisa mengembangkan pengetahuannya tentang berbagai hal, sehingga anak bisa berpikir inovatif.

3. Jalan-jalan santai

Keluar rumah dan jalan-jalan santai di sekitar lingkungan rumah untuk mendapat udara segar bukan hanya bisa melepaskan stres tapi juga bisa melatih otak dalam hal observasi dan kepekaan. Ada banyak hal menarik yang bisa dipelajari dari lingkungan sekitar.

 

Mendengarkan Musik

Secara alami otak akan merespon irama musik dengan baik sehingga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak. (iStockphoto)

4. Musik

Mendengarkan berbagai macam genre musik juga bisa mengembangkan pola berpikir anak baik secara fisik maupun emosional karena secara alami otak juga akan merespon irama musik dengan baik sehingga bisa mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya.

5. Bermain

Cara ini pasti akan disukai anak. Anak sering mengembangkan imajinasi dengan mengarang cerita dengan bermain dengan berbagai benda dan dengan teman-teman di sekitarnya. Entah itu dengan bermain peran atau yang lainnya, anak umumnya akan mengembangkan kreativitas unik dengan bermain.

Secara umum, anak akan banyak belajar dari orangtuanya mengenai kreativitas, jika orangtua tidak terbiasa melakukan hal-hal kreatif, anak mungkin juga akan mengikuti. Jadi penting sekali menjadi contoh untuk anak ya, Moms.

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSM Vs Sriwijaya FC: Tuan Rumah Percaya Diri

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Jakarta - PSM Makassar sedang percaya diri saat menghadapi Sriwijaya FC pada pekan ke-23 di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Makassar, Minggu (23/9/2018). PSM ingin meneruskan momen positif usai menang di kandang PS Tira pada 19 September lalu.

Kemenangan itu sekaligus mengakhiri paceklik  kemenangan PSM pada lima laga Liga 1 sebelumnya. Dalam laga lima sebelumnya, PSM hanya mampu meraih empat imbang dan sekali salah.

Pelatih PSM, Robert Alberts, yakin skuatnya bisa meraih tiga poin di kandang sendiri. Sebelumnya, Juku Eja tercatat dua kali ditahan imbang tim tamu pada putaran kedua Liga 1 2018 di Makassar, yakni Perseru Serui 2-2 (5/8/2018) dan Barito Putera 1-1 (13/9/2018).

Menurut Robert, selain motivasi pemain, tim asuhannya memang dalam kondisi baik. PSM bisa memainkan Marc Klok dan M. Rahmat yang absen saat dijamu PSM Tira.

Secara khusus, Robert berharap Rahmat bisa tampil dengan kemampuan terbaiknya. "Rahmat adalah pemain spesial di PSM. Dia tidak hanya piawai dalam membuka serangan dan membuat assist tapi juga mencetak gol," kata Robert.

Itulah mengapa, Robert bergeming dengan target tiga poin, meski pada pertandingan besok oa tidak bisa memainkan Hasim Kipuw, Rasyid Bakri (cedera) dan Asnawi Mangkualam (TC Timnas Indonesia U-19). "Kami akan tampil aktraktif untuk meraih tiga poin dari Sriwijaya," tegas Robert.

Sebagai pengganti peran Hasim sebagai bek kanan, Robert kembali menurunkan Zulkifli Syukur, kapten PSM yang belakangan jadi pemain pelapis.

"Sebagai kapten, Zulkifli pantas jadi anutan baik di di dalam maupun di luar lapangan. Dia juga selalu menunjukkan kerja kerasnya dalam latihan. Itu yang membuat saya menghormatinya," jelas Robert.

Sementara di lini tengah, Robert akan memaksimalkan sosok Wiljan Pluim yang bakal ditopang dua gelandang pekerja Klok dan Rizky Pellu.

"Willy (Pluim) sudah tahu apa yang dia akan lakukan di lapangan. Dia juga sudah paham dengan kondisi sepak bola Indonesia," ujar pelatih asal Belanda itu.

Strategi Meredam PSM

PSM saat latihan. (Bola.com/Abdi Satria)

Pernyataan Robert ini merupakan jawaban dari komentar pelatih Sriwijaya, Subangkit, yang tanpa sungkan mengakui Pluim sebagai pemain incaran skuatnya. "Kami tidak akan membiarkan Pluim bebas berkreasi di lapangan," kata Subangkit.

Seperti Robert, Subangkit juga yakin skuatnya meraih poin pada pertandingan besok. Apalagi, dia sudah bisa memainkan Alan Henrique, bek yang absen saat Sriwijaya ditahan Persebaya 3-3 pada pekan ke-22 (16/9/2018).

Kehadiran Alan dibutuhkan sebagai komando lini belakang untuk meredam serangan PSM, terutama menghalau serangan Juku Eja yang mengandalkan sisi sayap.

"Saya sudah mempelajari rekaman pertandingan PS Tira vs PSM. Mereka memang tim bagus, tapi saya sudah punya strategi untuk meredam PSM," kata Subangkit.

Menurut Subangkit, setelah menangani Sriwijaya selama lima partai, ia menilai penampilan Laskar Wong Kito semakin membaik. "Saya percaya dengan kemampuan seluruh pemain tim," ucap Subangkit.

Prakiraan Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivki Mokodompit (kiper) Zulkifli Syukur, Steven Paulle, Abdul Rahman, Reva Adi Utama (belakang) Marc Klok, Rizki Pellu, Wiljan Pluim (tengah), M. Rahmat, Ferdinand Sinaga, Zulham Zamrun (depan)

Pelatih: Robert Alberts

Sriwijaya FC (4-2-3-1): Teja Paku Alam (kiper); Marckho Sandy, Achmad Faris, Goran Ganchev, Zalnando; Zulfiandi, Yu Hyun-koo, Nur Iskandar, Manuchekhr Dzhalilov, Esteban Vizcarra; Alberto Goncalves

Pelatih: Subangkit

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sipir Penjara Suplai Sabu dan Ekstasi ke Lapas

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang sipir penjara di Lubuk Pakam tertangkap tangan bertransaksi narkoba dengan kurir. Narkoba yang terdiri dari sabu dan ekstasi rencananya akan disuplai ke lapas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Plot untuk Singkirkan Donald Trump dari Gedung Putih Terkuak?

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Sebuah plot konon dirancang untuk menyingkirkan Donald Trump dari Gedung Putih, dari jabatannya sebagai Presiden Amerika Serikat.

Kala itu, beberapa hari setelah James Comey dipecat dari jabatan Direktur FBI pada Mei 2017, Wakil Jaksa Agung AS, Rod Rosenstein diduga mendiskusikan rencana untuk menyingkirkan orang nomor satu di AS itu.

James Comey adalah sosok yang mengawasi penyelidikan lembaga penegak hukum tentang dugaan keterkaitan kampanye Trump apda Pilpres 2016 dengan pihak Rusia.

Plot pertama, dengan menggunakan sebuah 'kabel' (wire) untuk merekam pembicaraan Donald Trump. Rekaman itu diduga bertujuan untuk menguak kekacauan dan kondisi disfungsi di Gedung Putih di bawah kepemimpinan Trump.

Rosenstein konon juga merekrut sejumlah anggota kabinet untuk mengajukan Amandemen ke-25 untuk menyingkirkan sang miliarder nyentrik dari jabatannya, dengan alasan ia tak layak menjabat.

Informasi tersebut didapatkan The New York Times, mengutip sumber anonim yang familiar dengan memo yang ditulis oleh mantan Wakil Direktur FBI Andrew McCabe -- yang juga dipecat Trump pada Maret 2018.

Apa yang diduga sebagai plot menyingkirkan Trump, menurut informasi yang dikuak The New York Times, muncul dalam rapat dan pembicaraan yang digelar pada Mei 2017 dengan sejumlah pejabat Departemen Kehakiman dan FBI.

Merespons kabar tersebut, Wakil Jaksa Agung AS, Rod Rosenstein membantah informasi bahwa ia mendiskusikan upaya menggunakan klausul dalam konstitusi untuk menyingkirkan Donald Trump.

Ia menyebut, tuduhan itu tidak akurat dan secara faktual tak benar.

"Saya tidak akan mengomentari lebih jauh lagi sebuah kisah yang didasarkan pada sumber anonim yang jelas bias dan mengedepankan agenda personal," kata pejabat bidang hukum paling senior kedua di AS itu, seperti dikutip dari BBC News, Sabtu (22/9/2018).

"Namun, biarkan saya menegaskan soal hal ini: berdasarkan hubungan personal saya dengan presiden, tak ada dasar untuk mengajukan amandemen ke-25," tambah dia.

Sementara, pengacara mantan Wakil Direktur FBI Andrew McCabe, Michael Bromwich mengatakan, kliennya tak mengetahui bagaimana bisa media mendapatkan memo-memo dari pertemuan penegak hukum.

Bromwich mengatakan, memo-memo terkait telah diserahkan kepada penasihat khusus yang sedang menyelidiki kemungkinan intervensi Rusia dalam Pilpres 2016 dan dugaan pelanggaran hukum. Ia menambahkan, salinan lainnya tetap disimpan FBI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vakum Lima Tahun, Ini Alasan Dewi Perssik Tertarik Main di Film Arwah

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewi Perssik kembali dipercaya untuk bermain film horor. Ia didapuk sebagai pemeran utama dalam trilogi Arwah Tumbal Nyai garapan RA Pictures.

Buat Dewi Perssik, ini adalah ajang kembalinya setelah lima tahun vakum dari industri film Tanah Air. Ia merasa tertantang lantaran untuk kali pertama bermain dalam film trilogi, yang dirasa baru untuknya.

"Saya pribadi, saya selalu ingin berada di zona tidak aman. Kalau di zona aman biasa aja. Dengan beberapa kali main horor, baru kali ini terima tantangan trilogi. Saya pengin coba bergabung," ujar Dewi Perssik ditemui saat jumpa pers film Arwah di Karawang, Jawa Barat, Sabtu (22/9/2018).

"Kau pengin tahu cerita satu atau masing-masingnya seperti apa sampai akhirnya ketemu benang merahnya sama. Belum pernah Dewi Perssik main trilogi," sambungnya.

Rindu Akting

(Instagram/dewiperssikreal)

Selain baru kali pertama bermain film trilogi, Dewi Perssik mengaku rindu berakting di hadapan kamera. Terlebih lewat film, namanya semakin melambung di industri hiburan Tanah Air.

"Saya kangen main film horor setelah sekian lama. Terakhir lima tahun yang lalu," kata Dewi Perssik.

Harapan

(Instagram/dewiperssikreal)

Dewi Perssik berharap, film horor terbarunya bisa diterima oleh pecinta film Tanah Air. Sebab banyak adegan-adegan yang menarik dalam film tersebut, yang pastinya akan menghibur para penontonnya. Selain itu, jalan cerita filmnya juga sangat berbeda dari film-film yang pernah dibintangi sebelumnya.

"Film ini beda banget, dan menarik buat ditonton. Semoga banyak yang suka," kata Dewi Perssik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Terbaik Melakukan Eksfoliasi untuk Setiap Jenis Kulit

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak mitos tentang perawatan kulit, termasuk masalah eksfoliasi. Beberapa orang percaya bahwa eksfoliasi hanya boleh dilakukan oleh Anda yang memiliki kulit kering dan dehidrasi.

Faktanya, eksfoliasi seharusnya menjadi bagian penting dalam rutinitas perawatan kulit setiap orang. Eksfoliasi tidak hanya akan membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, namun juga memperkecil tampilan pori-pori.

Dilansir dari purewow.com, berikut ini adalah cara terbaik melakukan eksfoliasi untuk setiap jenis kulit. Penasaran?

1. Kulit kering

Cobalah lotion AHA atau asam alfa hidroksi sangat efektif untuk eksfoliasi kulit kering, karena dapat melarutkan lem yang mengikat sel-sel mati di permukaan kulit.

Campuran antioksidan anti penuaan dan minyak tumbuhan bergizi dalam lotion ini dapat menenangkan dan melembapkan kulit, membuatnya lebih halus, lembut, dan cerah. Pijatkan lotion ini ke wajah dua kali dalam sehari untuk mendapatkan kulit bercahaya yang diinginkan, kemudian lapisi dengan pelembap atau serum.

2. Kulit kombinasi

Cobalah 2% cairan BHA. BHA adalah singkatan dari beta hydroxy acid atau lebih dikenal sebagai asam salisilat yang ideal untuk kulit dengan banyak masalah.

BHA dapat bekerja cepat untuk mengatasi masalah pori-pori tersumbat dan memperbaiki tekstur keseluruhan kulit, serta menghidrasi di saat yang bersamaan. BHA adalah eksfoliator cair, sehingga cara terbaik untuk menggunakannya adalah dengan merendam kapas ke dalamnya dan tepuk-tepuk ke seluruh bagian kulit wajah.

 

Kulit berminyak dan aging

Ilustrasi Foto Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

3. Kulit berminyak

Bagi kulit berminyak, melakukan eksfoliasi dengan 2% BHA juga sudah cukup. Eksfoliator cair dapat membersihkan pori-pori tersumbat, membuatnya terlihat lebih kecil.

BHA juga memiliki antioksidan yang melindungi kulit dari polusi yang memicu kelebihan produksi sebum dan membuat kulit terlihat berkilau. BHA ini dapat Anda aplikasikan semalaman tanpa perlu dibilas.

4. Kulit aging

Garis-garis halus, kusam, dan bintik-bintik gelap, beberapa tanda-tanda penuaan yang muncul ini bisa Anda atasi dengan 5% AHA. Formula ini dapat mempercepat pergantian sel tanpa sifat abrasif.

Selain itu, formula ini mengandung antioksidan yang membantu kulit cepat menyembuhkan dirinya sendiri dari bekas merah yang mungkin muncul akibat jerawat. Apapun yang Anda pilih, jangan lewatkan SPF setelah menggunakan produk ini.

Kulit berjerawat dan sensitif

Ilustrasi wanita cantik (iStockphoto)

5. Kulit berjerawat

Gunakan larutan eksfoliasi dengan 2% asam salisilat ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda. Asam salisilat dapat masuk ke dalam pori-pori untuk mengurangi jerawat dan komedo, sementara bahan lainnya, seperti allantoin dapat menenangkan peradangan yang dapat memperburuk keadaan kulit Anda.

6. Kulit sensitif

Cobalah lotion 1% BHA untuk melakukan eksfoliasi yang ringan. Formula ini cukup untuk melembapkan kekeringan dengan perlahan, sementara ekstrak tumbuhan, seperti teh hijau dan ramuan willow dapat menenangkan iritasi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

75 Persen Pendapatan Industri Musik Kini Berasal dari Streaming

Posted: 22 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkembangnya teknologi digital membuat banyak hal berubah, salah satunya adalah bagaimana cara orang menikmati musik. Semula, orang mendengarkan lagu-lagu kesukaan dengan membeli kaset, CD, dan produk hasil rekaman lainnya.

Namun kini, pecinta musik lebih senang menikmati musik dari perangkat smartphone atau laptop mereka.

Lewat streaming di smartphone, orang tetap bisa mendengarkan musik di manapun dan kapanpun, termasuk saat berada di transportasi umum.

Masifnya pejumlah penikmat musik lewat jalur streaming membuat hasil pendapatan industri musik kini didominasi oleh streaming.

Berdasarkan laporan yang diumumkan oleh The Recording Industry Association of America, penjualan musik lewat jalur streaming kini jauh melebihi penjualan CD fisik dan digital download.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari The Verge, Minggu (23/9/2018), jalur streaming termasuk di antaranya adalah langganan berbayar ke layanan seperti Spotify hingga menonton streaming video.

Sekadar diketahui, pendapatan industri musik dari streaming kini mencapai 75 persen dari total industri musik.

Secara angka, streaming menyumbang pendapatan sekitar US$ 3,4 miliar (setara Rp 50,3 triliun) pada industri musik.

Pendapatan dari CD dan Download

Penantian para pecinta musik Tanah Air terhadap kehadiran layanan streaming musik, Spotify, akhirnya berbuah manis.

Masih berdasarkan data yang sama, pendapatan terbesar selanjutnya disumbang dari digital download dengan rata-rata pendapatan 12 persen (US$ 2,7 miliar), diikuti dengan CD fisik dengan pendapatan sekitar 10 persen (US$ 1,7 miliar), dan lain-lain 3 persen (US$ 1 miliar).

Adapun tingkat adopsi pengguna baru untuk streaming musik kini mencapai 1 juta pelanggan baru per bulannya.

Jumlah ini sangat kecil dibandingkan dengan jumlah orang yang mendengarkan musik.

Namun, tingkat pertumbuhan tersebut jauh lebih besar ketimbang kategori bisnis rekaman musik lainnya.

Penurunan

Paket spesial tersebut melingkupi beberapa fitur yang tentunya membuat Joox dinilai berbeda dengan aplikasi lainnya

Pendapatan industri musik dari digital download dan pembelian CD dan kaset menurun masing-masing 27 persen dan 41 persen.

Kedua metode menikmati musik ini terus menurun seiring dengan maraknya tren berbagi musik secara online.

"Hadirnya streaming musik membuka banyak peluang baru, tetapi juga memiliki tantangan," kata The Recording Industry Association of America.

"Menurut Nielsen, lebih dari 70 ribu album berbeda dirilis pada pertengahan tahun. Penikmat musik mendapat banyak pilihan, dan musik bersaing untuk mendapat perhatian pengguna dibandingkan hiburan lain di smartphone," tutupnya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rumah Tangga Miskin di Brebes Sambut Antusias Program Bekerja Kementan

Posted: 22 Sep 2018 08:48 PM PDT

Liputan6.com, Brebes Program pengentasan kemiskinan melalui Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) dari Kementerian Pertanian memberikan harapan baru bagi Rumah Tangga Miskin (RTM) di Brebes. Hal ini terlihat saat kunjungan kerja yang dilakukan oleh Nasrullah selaku Ketua Program Bekerja Kementan di Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah pada Sabtu (21/9/2018) .

Saat kunjungan tersebut, terlihat hampir semua RTM yang diberikan bantuan merasa senang dan memiliki semangat untuk mengembangkan bantuan tersebut. Mereka bersyukur dan mempunyai harapan baru untuk mengubah kehidupannya menjadi lebih baik dari saat ini.

Contohnya, Subar, salah satu RTM di desa Nagaradaha, mengatakan bahwa ingin terus bekerja keras untuk mengembangkan ternaknya.

"Saya belum akan menjual telur pertama, saya ingin tetaskan dulu sehingga menghasilkan ayam yang lebih banyak lagi, jika perlu saya akan memperbesar kandang ini," ujarnya.

Tak hanya Subar, Warsip, seorang kakek tua yang tinggal bersama istrinya bernama Saryu di sebuah gubuk sederhana, juga terlihat sangat senang dan merasa tertolong hidupnya dengan adanya bantuan yang diberikan.

"Nanti jika ayamnya sudah besar dan bertambah, saya mau jual, dan uangnya akan kami gunakan untuk memperbaiki atap rumah yang bocor," ucapnya.

Suasana haru juga terjadi di rumah Khadijah, ucapan terima kasih pun dilontarkan dengan penuh haru.

"Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat dan dipelihara dengan baik ternaknya ya bu, supaya hasil yang di dapat baik juga," kata Nasrullah, saat menyambangi Khadijah.

Pada kesempatan tersebut, Nasrullah menjelaskan bahwa ada empat kecamatan yang akan diberikan bantuan di Brebes, diantaranya Kecamatan Bulakamba, Bumiayu, Wanasari dan Ketanggungan. Di empat kecamatan ini ada sebanyak 28.460 RTM dari 75 desa yang akan menerima bantuan.

Berdasarkan laporan dari penanggungjawab program BEKERJA di Brebes, untuk bantuan yang diberikan di Kecamatan Bumiayu sudah hampir terealisasi separuh dari jumlah RTM di masing-masing desa. Desa Kalinusu memiliki 593 RTM dan bantuan sudah diberikan ke 240 RTM. Kemudian, Desa Bumiayu memiliki 187 RTM dan bantuan sudah diberikan kepada 105 RTM. Selain itu, di Desa Nagaradaha yang memiliki 126 RTM juga sudah di bagikan bantuan ke 75 RTM.

Menurut Nasrullah, pendistribusian bantuan akan terus berlanjut hingga semua RTM menerima bantuan. Ia jelaskan, tujuan dari program Bekerja ini sebagai sarana peningkatan gizi masyarakat. Bantuan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan taraf hidup di masing masing RTM.

Sesuai arahan Menteri yang disampaikan di beberapa tempat saat launching program Bekerja, program ini adalah sebagai solusi permanen dalam mengentaskan kemiskinan di pedesaan, khususnya RTM yang bergerak di sektor pertanian.

Untuk komoditas peternakan per RTM diberikan bantuan sebanyak 50 ekor ayam produktif yang berusia sekitar 4-8 minggu. Selain itu, juga diberikan bantuan pakan, kandang, dan obat-obatan. Bantuan lainnya seperti pemberian benih pisang dan sayuran, serta tambahan sarana produksi seperti pupuk organik dan pupuk non organik.

"Bimbingan teknis (Bimtek) cara beternak dan budidaya tanaman pisang dan sayuran yang baik juga akan diberikan," ujar Nasrullah.

Ia menegaskan, keberhasilan program tersebut tergantung pada masyarakat yang menerima bantuan. Menurut Nasrullah, apabila pemeliharaan ayamnya baik, hasil yang diterima pun akan baik dan program ini bisa berlanjut.

Ia mengatakan, program Bekerja juga bisa mengurangi potensi pedagang yang tidak bertanggungjawab untuk memainkan harga pasar karena nantinya hasil produksi dari komoditas yang dibantukan ke RTM akan bekerja sama dengan Bumdes untuk pemasarannya. Selanjutnya, sebagian hasil penjualan dari komoditas produksi RTM akan disimpankan oleh Bumdes untuk nanti dibelikan lagi bibit ayam/tanaman agar program, sehingga dapat berkesinambungan, dan para pedagang yang akan membeli hasil produksi peternakan/tanaman/buah tidak dapat mempermainkan harga karena diwadahi pemasarannya oleh Bumdes. Hal ini sesuai dengan kesepakan Kementan-Kemensos dan Kemendes.

Selanjutnya Yulia, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes, menyampaikan bahwa ia akan memfasilitasi masyarakat yang mendapatkan bantuan dan melaksanakan tugas dengan baik.

"Apabila ada yang bermasalah dengan ternaknya, segera hubungi kami, nanti akan kami tindaklanjuti dengan cepat," pungkasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Persib Vs Persija: Maung Bandung Penasaran

Posted: 22 Sep 2018 08:45 PM PDT

Jakarta - Duel klasik bakal tersaji saat Persib Bandung menjamu Persija Jakarta pada lanjutan Gojek Liga 1 bersama BukaLapak di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (23/9/2018) sore. Duel ini selalu dinanti kedua fans karena selalu menyajikan duel yang sengit antara dua klub besar di Indonesia.

Dalam beberapa pertemuan terakhir, Persib selalu kesulitan untuk mengalahkan Persija. Dalam 8 pertemuan terakhir, Persib hanya meraih 6 kali imbang dan dua kali kalah dari Persija.

Bahkan pada dua pertemuan terakhir, Persib selalu kalah dengan skor tipis 1-0 dari Persija. Persib terakhir kali kalahkan Persija pada 3 Maret 2013 lalu dengan skor 3-1. Inilah yang membuat bobotoh Persib begitu haus dengan kemenangan, sama seperti yang dirasakan pelatih Mario Gomez.

"Kami tahu ini pertandingan sangat penting, tapi lebih penting lagi tiga poin. Kami ingin menang untuk bobotoh apalagi ini pertandingan besar. Bukan soal gengsi saja, tapi juga untuk mempertahankan posisi kami di klasemen," ujar Gomez seperti dikutip Bola.com.

Mengenai Persija, Gomez mengakui tim asuhan Stefano Cugurra Teco tersebut adalah tim yang bagus dan kuat. Duel Persib vs Persija diyakininya bakal berjalan alot.

"Bisa dilihat dari posisi mereka di klasemen pun tidak jauh dari kami. Tapi, kami akan bermain di kandang sendiri dan itu akan memuluskan target kami," lanjut pelatih asal Argentina ini.

Terlebih, ungkap Gomez, seluruh pasukannya dalam keadaan siap meski ada beberapa pemain yang rentan mendapat kartu. "Tapi, yang penting menang. Sekali lagi, itu lebih penting," tegas Gomez.

Gomez tidak menampik pertempuran duel Persib kontra Persija ini kemungkinan akan terjadi di sektor sayap, yang sama-sama memiliki pemain cepat. Namun, hal itu tidak terlalu dipikirkan pelatih berusia 61 tahun ini.

"Mereka bagus, tapi kami ada di posisi pertama. Jadi, bukan kami yang memikirkan mereka, tapi mereka yang harus memikirkan kami," seloroh Gomez.

Mental Main Tandang

Gelandang Persija Jakarta, Sandi Sute, saling dorong dengan striker Persib Bandung, Jonathan Bauman, pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6/2018). Persija menang 1-0 atas Persib. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Optimisme Mario Gomez mendapat jawaban dari kubu Persija. Tim Macan Kemayoran menegaskan mereka juga yakin menekuk Persib. Mental bermain di laga tandang menjadi alasannya.

"Kami musim ini hanya dua kali bermain di GBK (Gelora Bung Karno) dan sudah beberapa kali bermain di luar Jakarta, seperti di Bantul atau Stadion PTIK. Tapi, kami bisa dapat hasil bagus dan menang empat kali. Kondisi ini membuat saya optimistis bisa mengalahkan Persib," kata Stefano Cugurra Teco, pelatih Persija.

Selain itu, hampir seluruh pemain Persija juga pernah merasakan laga penuh gengsi ini sehingga bermain di hadapan pendukung Persib, tidak membuat mental pemain menurun.

"Di negara saya juga ada laga Vasco da Gama dan Fluminense yang sangat ditunggu-tunggu pelatih, pemain, dan suporter. Pemain Persija juga sudah pernah bermain di sini Bandung. Renan da Silva belum pernah menghadapi Persib, tapi sudah merasakan (aga penuh gengsi di klub sebelumnya. Marko Simic juga, termasuk Jaimerson. Ini pertandingan yang ditunggu," ujarnya.

Tetapi, Teco menyadari perlu perjuangan keras untuk bisa mengalahkan Persib. Terlebih tim Maung Bandung merupakan pemuncak klasemen sementara Liga 1 2018.

"Kami harus benar-benar kerja keras melawan tim nomor satu. Kami harus kerja keras untuk dapat hasil bagus. Mereka juga hanya satu kali kalah bermain di kandang, saat melawan Bhayangkara FC. Tapi, saya pikir, Persija juga akan bagus di pertandingan nanti," ucap Teco.

Prakiraan Susunan Pemain

Persib Bandung (4-4-2): M. Natshir (Kiper); Supardi Nasir, Bojan Malisic, Victor Igbonefo, Ardi Idrus (belakang); Ghozali Siregar, Oh Inkyun, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi (tengah); Jonathan Bauman, Ezechiel N'douassel (depan)

Pelatih: Mario Gomez

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (kiper); Ismed Sofyan, Maman Abdurrahman, Jaimerson Xavier, Rezaldi Hehanusa (bek); Ramdani Lestaluhu, Rohit Chand, Renan da Silva (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (depan)

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Cilik hingga PPSU Ramaikan Parade Momo Sambut Asian Para Games

Posted: 22 Sep 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang mengikuti Parade Momo yang diselenggarakan panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 atau Inapgoc.

Pantauan di lapangan, para peserta dari berbagai instansi pemerintahan, komunitas, dan pelajar di DKI Jakarta berkumpul di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

Parade Momo dibuka oleh Ketua Pelaksana Asian Para Games 2018 atau Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc) Sapta Oktohari, Menpora Imam Nahrawi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Diikuti para peserta yang berjalan sesuai dengan susunan yang telah ditetapkan panitia.

Rombongan pertama, polisi cilik di bawah bimbingan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Korps Lalu Lintas Polri.

Lalu, marching band Corps Cendrawasih Akademi Kepolisian dan marching band dari Akademi Militer juga menunjukkan aksinya.

Disusul, Petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) atau pasukan oranye yang memamai pakaian dari barang-barang daur ulang.

Kemudian, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Para perwakilan menampilkan kebudayaan Indonesia seperti ondel-ondel, musik tanjidor, barongsai, dan reog Ponorogo dan singa depok.

Terakhir, komunitas kaum difabel dan siswa-siswi SLB di Jakarta turut menyemarakkan parade Momo. Beberapa peserta tampak memakai kursi roda.

Panitia juga memperlihatkan balon raksasa Momo. Maskot dark Asian Para Games

Ketua Pelaksana Asian Para Games 2018 atau Indonesia Asian Para Games Organizing Committee (INAPGOC) Sapta Oktohari, Parade Momo mengatakan Asian Para Games 2018 merupakan ajang bergensi penyandang disabilitas terbesar kedua.

Sebelumnya, 2010 Asian Para Games diselenggarakan di Guangzhou dan berpindah ke Incheon tahun 2014. Tahun ini Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah. Sapta menyatakan akan berkompetisi dengan penyelenggara sebelumnya.

"Kita harus membuktikan harus lebih baik dari sebelumnya," ujar dia.

Ajang Kemanusiaan

Sementara itu, Menpora Imam NahrawiImam Nahrawi mengaku bersyukur karena kembali dipercaya menyelenggarakan multievent label Asia.

"Kita harus percaya dan yakin bahwa ini adalah bagian dari kepercahaan dunia kepada Indonesia," ujar dia.

Ajang ini tidak semata-mata untuk meraih medali, tetapi juga jadi momentum kemanusiaan.

"Di mana kita berikan penghargaan kepada atlet baik yang sempurna maupun tidak. Jadikan Asian Para Games sebagai persatuan nasional," tukas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

ASITA Antusias Sambut Kemenangan Kemenpar di TTG Travel Awards 2018

Posted: 22 Sep 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semua pihak merasa bangga dengan kemenangan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) di ajang TTG Travel Awards 2018. Kementerian di bawah komando Arief Yahya ini baru saja memenangkan Award Best National Tourism Organization (NTO) untuk kategori The Best Ministry Of Tourism pada Kamis (20/9/2018).

Beberapa pihak yang menunjukkan kebanggaannya antara lain guru marketing dunia Hermawan Kartajaya dari Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) dan ASITA itu sendiri. Asosiasi Tour dan Travel Indonesia itu menyambut penghargaan yang diraih Kemenpar dengan semangat tinggi.

"Track record prestasi Kemenpar luar biasa. Sangat layak mendapatkan The Best Ministry Of Tourism. Ini semua karena tangan dingin Menpar Arief Yahya. Karenanya kami memberi apresiasi luar biasa atas kinerja beliau bersama jajarannya di Kemenpar," ujar Ketua Umum ASITA, Asnawi Bahar, Sabtu (22/9/2018).

Menurutnya, penghargaan merupakan sebuah raihan penting yang mampu meningkatkan kepercayaan diri sebuah lembaga.

"Karena penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik. Kemenangan-kemenangan tersebut akan meningkatkan self confidence kita dan membawa kita untuk yakin menuju kemenangan berikutnya. Kita juga bisa mengukur apakah yang kita lakukan sudah ada dalam track yang benar atau tidak," ucap Asnawi.

Pertanyaan selanjutnya, apa yang harus dilakukan kemudian?

"Pekerjaan pelaku bisnis Pariwisata yang ada di bawah ASITA adalah menindaklanjuti dengan membuat inovasi selling. Intinya, promosi dan berdagang harus lebih gencar dilakukan. Ingat lho, ini bukan hanya sebuah penghargaan, tapi sebuah tanggung jawab yang berat dan besar bagi organisasi kami untuk membuat berbagai paket menarik," kata Asnawi.

Standar inovasi yang dilakukan tentu saja mengacu pada level dunia. Layanan dan hospitality yang diberikan juga mengarah ke sana. Maklum, tangan dingin Arief Yahya membawa angin perubahan signifikan bagi pariwisata Indonesia.

Terbukti, Wonderful Indonesia berhasil membukukan devisa Rp 203 triliun pada 2017. Angkanya sudah di atas target Rp 200 triliun.

"Pertumbuhannya 35%-40%. Dengan acuan itu, saya yakin pariwisata bisa memberikan kontribusi 10%-14% bagi pertumbuhan ekonomi nasional pada 2018. Ini juga menjadi sektor paling layak investasi. Ini yang akan kita imbangi dengan inovasi-inovasi baru," ujar Asnawi.

Efek positif makro lainnya adalah kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB). Pada tiga tahun terakhir, trennya selalu naik. Pada 2017, kontribusi sektor pariwisata pada PDB adalah 5 persen. Jumlah ini naik 0,5 persen dari 2016, riilnya 4,5 persen.

Lalu, kontribusi 4,23 persen untuk PDB 2015. Serapan tenaga kerjanya juga tumbuh 12 juta orang pada 2017. Padahal, pada 2016 hanya 11,8 juta orang dan 11,4 juta orang pada rentang 2015. Aspek makronya lainnya juga terus bertumbuh.

Kontribusi pariwisata pada tahun ini dipatok 5,25 persen, lalu pada 2019 digenapi menjadi 5,5 persen. Target devisa juga dipasang Rp 223 triliun pada 2018 dan naik menjadi Rp 280 triliun tahun depan. Serapan tenaga kerja diproyeksi 12,6 juta orang pada tahun ini. Untuk tahun depan, angkanya didorong menjadi 13 juta orang.

"Point terpenting itu selling. Award ini memiliki pengaruh yang besar terhadap proses perdagangan di industri pariwisata. Pasar semakin percaya dengan produk yang ditawarkan. Sebab, banyak aspek yang sudah teruji secara kualitasnya," ucap Asnawi.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa pertumbuhan pariwisata tersebut sesuai dengan nawacita Presiden Joko Widodo.

"Ini semua karena Presidennya sangat concern terhadap pariwisata. Di era Presiden Joko Widodo, pariwisata ditempatkan sebagai sektor unggulan, selain infrastruktur, maritime, pangan, dan energi," kata dia.

Negara pun sangat berkomitmen menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan.

"Sangat commited! Presiden Joko Widodo bahkan sudah menginjakkan kaki ke destinasi top di tanah air. Sebut saja Raja Ampat-Papua, Labuan Bajo-NTT, Lombok-NTB, Borobudur-Jateng, Danau Toba-Sumut, Tanjung Kelayang-Belitung, Tanjung Lesung-Banten, Mandeh-Sumbar, Mentawai-Sumbar, Nias-Sumut, dan lainnya. Itu menunjukkan perhatian yang sangat sangat serius," ujar Arief.

Inilah yang disebut Arief sebagai CEO Commitment. Kalau orang nomor satunya mau, maka semua bisa terjadi.

"Tugas CEO itu menentukan arah dan mengalokasikan sumber daya, baik manusia maupun budgeting. Karena itu di pariwisata ditempatkan orang terhebat dan di-support anggaran, yang meskipun masih terbatas, tapi sudah sedikit naik," ucapnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Janjikan Kampanye Sejuk dengan Teletubbies Effect

Posted: 22 Sep 2018 08:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno menjanjikan pihaknya akan kampanye sejuk dan kampanye berpelukan atau yang akrab dia sebut teletubies effect.

"Kita harus komitmen bahwa negara kita sangat beragam. Cinta damai dan data yang kita miliki menunjukkan masyarakat ingin kampanye yang berpelukan, teletubies effect," kata Sandiaga di Monas Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Rencananya, wilayah pertama yang akan didatangi Sandiaga untuk kampanye adalah Jawa Tengah.

"Besok rencana kampanye di Jawa Tengah. Kita sudah susun jadwal kampanye dan kebetulan saya besok kebagian di Jawa Tengah," katanya.

Sandiaga mengaku tak ada persiapan khusus menghadapi masa tujuh bulan kampanye ke depan.

"Enggak ada persiapan khusus. Ini mau lari, belum olahraga dari kemarin kita seharian di Solo baru ini kita ada di Jakarta ada beberapa kegiatan," ujar Sandiaga.

Resmi Dibuka KPU

Ketua KPU Arief budiman secara resmi membuka kampanye Pemilu 2019 di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

"Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrahim, KPU menyatakan kampanye Pemilu 2019 resmi dibuka," ujar Arief.

Arief meminta masa kampanye dimanfaatkan sebaik-sebaiknya dengan dengan sampaikan visi misi kepada masyarakat.

Pembukaan diikuti dengan acara pembacaan deklarasi damai yang dikuti para ketua umum parpol dan capres-cawapres yang dipimpin oleh ketua KPU dan Ketua Bawaslu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Sindiran Xiaomi ke Apple Jadi Sorotan

Posted: 22 Sep 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi merilis paket penjualan yang diberi nama mirip dengan produk Apple. Perusahaan teknologi Tiongkok itu menawarkan produk dengan nama XR, XS, dan XS Max.

Xiaomi ingin menunjukkan bahwa dengan mengeluarkan uang yang hanya bisa membeli satu iPhone terbaru, konsumen dapat memperoleh banyak barang (gadget). 'Sindiran' ini menjadi sorotan para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menjadi sorotan datang dari bahaya membeli smartphone tak resmi alias black market (BM). Untuk lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Sindir Apple, Xiaomi Jual Bundel Perangkat XR, XS, dan XS Max

Apple baru saja meluncurkan tiga model iPhone terbaru, yakni iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. Tak mengejutkan jika ketiga smartphone itu dibanderol dengan harga yang terbilang tinggi.

Paket penjualan Xiaomi XR (sumber: GSM Arena)

Menyusul pengumuman tersebut, Xiaomi pun ternyata merilis paket penjualan yang diberi nama serupa. Dikutip dari GSM Arena, Sabtu (22/9/2018), Xiaomi menawarkan produk dengan nama XR, XS, dan XS Max.

Sama seperti Apple, perusahaan asal Tiongkok itu juga menjualnya dengan harga tinggi, setara dengan tiga model iPhone anyar. Namun, bedanya banderol harga ini tidak hanya berlaku untuk satu produk saja.

Baca selengkapnya di sini 

2. Jangan Coba-Coba, Ini 5 Bahaya Beli Smartphone Black Market

Barang black market seringkali menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin membeli smartphone dengan harga miring.

Ilustrasi smartphone

Bagaimana tidak, dibandingkan smartphone yang dijual dengan garansi resmi, smartphone BM dijual jauh lebih murah dan model baru lebih cepat masuk ketimbang smartphone bergaransi resmi.

Meskipun dibanderol dengan harga lebih murah, membeli smartphone yang diimpor ilegal dari luar negeri ternyata menyimpan bahaya tersendiri. Kamu patut tahu apa saja bahayanya agar tak menyesal di kemudian hari.

Baca selengkapnya di sini 

3. Instagram Tak Kembangkan Fitur Regram

Ilustrasi  Instagram (iStockPhoto)

Pengguna Instagram pasti sudah lama menanti kehadiran fitur regram, sebuah fitur yang memungkinkan mereka mengunggah ulang posting-an milik orang lain tanpa perlu aplikasi pihak ketiga.

Instagram sebelumnya dikabarkan tengah melakukan uji coba terhadap fitur regram, namun yang terbaru Instagram membantah kabar tersebut.

Mengutip laman Ubergizmo, Sabtu (22/9/2018), Instagram secara resmi membantah perusahaan sedang mengembangkan fitur regram. Tidak hanya itu, Instagram rupanya juga sedang tidak melakukan uji coba atas fitur regram.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dua Tank Tempur Bersejarah Jadi Buruan Swafoto Warga Gorontalo

Posted: 22 Sep 2018 08:30 PM PDT

Anak-anak bermain di atas tank tempur bersejarah TNI yang berada di Monumen Nani Wartabone di Kilometer Nol Kota Gorontalo, Sabtu (22/9). Dua tank tempur bersejarah TNI itu diresmikan pada 12 september 2018. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Anak-anak bermain di atas tank tempur bersejarah TNI yang berada di Monumen Nani Wartabone di Kilometer Nol Kota Gorontalo, Sabtu (22/9). Dua tank tempur bersejarah TNI itu diresmikan pada 12 september 2018. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Pengunjung mengambil gambar tank tempur bersejarah TNI yang berada di Monumen Nani Wartabone di Kilometer Nol Kota Gorontalo, Sabtu (22/9). Dua tank tempur bersejarah TNI itu berjenis FV601 Saladin dan AMX-13 APC. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Pengunjung mengambil gambar tank tempur bersejarah TNI yang berada di Monumen Nani Wartabone di Kilometer Nol Kota Gorontalo, Sabtu (22/9). Dua tank tempur bersejarah TNI itu berjenis FV601 Saladin dan AMX-13 APC. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Anak-anak berswafoto dengan tank tempur bersejarah TNI yang berada di Monumen Nani Wartabone di Kilometer Nol Kota Gorontalo, Sabtu (22/9). Tank dipajang di Lapangan Taruna Remaja berdampingan dengan patung Nani Wartabone. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Anak-anak berswafoto dengan tank tempur bersejarah TNI yang berada di Monumen Nani Wartabone di Kilometer Nol Kota Gorontalo, Sabtu (22/9). Tank dipajang di Lapangan Taruna Remaja berdampingan dengan patung Nani Wartabone. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Pemain Cedera, Timnas Indonesia U-16 Siap Ladeni Vietnam

Posted: 22 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Malaysia, Senin (24/9/2018) dalam lanjutan Piala AFC U-16 Grup C.

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini pun mengatakan, anak asuhnya sudah siap melawan Vietnam. Dalam sesi latihan untuk laga kedua Piala AFC U-16, mereka fokus memulihkan kebugaran, yang terbagi dalam dua kelompok.

Untuk mendapatkan kebugaraan saat melawan Vietnam, Fakhri membagi latihan anak asuhnya menjadi dua kelompok.

"Kelompok pertama itu untuk pemulihan kebugaran kondisi bagi para pemain yang sudah bermain di atas 60 menit ketika bertemu Iran kemarin," ucap Fakhri, dikutip dari PSSI.

"Pemain Timnas Indonesia U-16 menjalani sesi latihan dengan pelatih fisik kami, coach San San Susanpur. Kemudian, untuk kelompok kedua yang bermain kurang dari 60 menit atau tak bermain melawan Iran, menjalani sesi latihan biasa bersama saya dan asisten pelatih," katanya menambahkan.

2 Pemain Cedera

Para pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol yang dicetak ke gawang Filipina dalam pertandingan Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (29/7/2018). (Bola.com/Aditya Wany)Besok, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi Vietnam.

Saat ini, kata Fakhri, tim pelatih Garuda Asia sedang memantau dua pemain yang mengalami cedera, Brylian Aldama dan Mochamad Supriadi.

"Saya akan terus pantau perkembangannya dengan dokter tim," ucap Fakhri.

Mantan kapten timnas Indonesia itu juga sudah mengantisipasi apabila memang kedua pemain itu tak bisa dimainkan melawan Vietnam. "Saya punya 23 pemain. Dan saya yakin sebagian besar mereka juga bisa main di lebih satu posisi," katanya.

 

Klasemen Grup C

Timnas Indonesia U-16 saat ini berada di puncak klasemen Grup C dengan raihan tiga poin berkat kemenangan 2-0 atas Iran, Jumat (21/9/2018). Mereka unggul selisih gol dari India yang berada di peringkat kedua.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sibuk Syuting di Malaysia, Atiqah Hasiholan Dikunjungi Tamu Istimewa

Posted: 22 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Atiqah Hasiholan dikenal sebagai aktris yang total saat berakting. Ia juga telah berakting di berbagai film, termasuk Jamila dan Sang Presiden.

Kini, istri Rio Dewanto ini bermain di Sembil9n. Ia memerankan karakter sebagai wanita yang tinggal di perbatasan dua negara.

Demi Sembil9n, Atiqah Hasiholan harus jauh dari keluarganya. Syuting dilakukan di Malaysia.

Selain itu, pengambilan gambar Sembil9n banyak di lakukan di luar ruangan. Akibatnya, Atiqah Hasiholan tampak lebih eksotis.

Tamu Istimewa

Atiqah Hasiholan bersama sang putri, Salma (Instagram/@atiqahhasiholan)

Di tengah-tengah kesibukannya itu, Atiqah Hasiholan mendapatkan kunjungan dari tamu istimewa, yakni Salma Jihane Putri Dewanto.

Putri Atiqah Hasiholan yang baru 14 bulan itu mengunjunginya.

Bahagia

Salma, putri Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto (Instagram/@atiqahhasiholan)

Atiqah Hasiholan membagikan kebahagiannya di akun Instagram miliknya. Ia bersyukur karena sang putri bisa menemaninya selama syuting.

Foto Lucu

Salma, putri Atiqah Hasiholan dan Rio Dewanto (Instagram/@atiqahhasiholan)

Di antara kontainer, Salma terlihat berlari. Atiqah Hasiholan hanya melihatnya. Ia mengunggah foto, tengah berbicara dengan gadis kecilnya.

"Terima kasih telah berkunjung," tulis Atiqah Hasiholan, Sabtu (22/9/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berapa Biaya Pembuatan SKCK untuk Ikut Tes CPNS 2018?

Posted: 22 Sep 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 akan dimulai serentak pada 26 September 2018. Masyarakat beramai-ramai menyiapkan dokumen sebagai syarat mendaftar, salah satunya Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo, mengatakan, pembuatan SKCK bisa dilakukan di semua kantor polisi di tingkat Polsek sampai Polda.

"Tergantung kepentingan di situ, ada mulai dari tingkat Polsek, Polres, Polda, dilayani," kata Dedi seperti ditulis Sabtu (23/9/2018).

Menurut dia, pembuatan SKCK diutamakan kepada masyarakat yang memegang KTP domisili. " Nanti akan dicek rekam jejak masyarakat tersebut," kata dia.

Lalu berapa biayanya?

Biaya untuk pembuatan SKCK, kata Dedi, sebesar Rp 30 ribu. Ketentuan itu didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

"Sesuai PP 60/201, sebesar Rp 30 ribu, itu resmi ke pemerintah dan tidak masuk ke polisi tapi disetorkan Polri langsung ke kas negara dalam hal ini Kemenkeu yang nanti akan memberikan sebagai tambahan untuk dukungan operasional kepolisian," kata dia.

Dokumen yang harus disiapkan selain SKCK adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK). Pelamar juga harus mempersiapkan ijazah asli dan transkrip nilai. Foto resmi dengan background merah juga harus disiapkan pelamar.

152.120 Formasi CPNS 2018 Sudah Tersedia di Situs Sscn.bkn.go.id

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)
Hingga Jumat malam ini, sebanyak 152.120 formasi pada tahap seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 telah tersedia di portal sscn.bkn.go.id.
 
Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menuturkan, jumlah tersebut mewakili sekitar 87 persen formasi final yang akan dibuka pada perekrutan CPNS 2018.
  
"Sekarang terus bertambah. Sekarang sudah sekitar 87 persen. Cek di Twitter dong," ujar dia saat ditanyai wartawan di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Jumat (21/9/2018).
 
Menurut cuitan yang dikeluarkan akun @BKNgoid pada hari ini, situs sscn.bkn.go.id kini sudah dapat melampirkan 87,4 persen posisi dari total formasi CPNS 2018 yang dibuka oleh berbagai instansi.
 
Bila dijumlahkan, terdapat sebanyak 152.120 formasi yang telah masuk ke dalam sistem SSCN. 
 
"Kalikan 10, kakak. Bukankah 1 page ada 10 entry? Jadi totalnya 152.120 formasi yg sudah masuk di sistem SSCN. Mau jadi ASN, kudu telitiiiii yaaaaa. Smangat, kakak."
 
Seperti diketahui, terdapat sebanyak 76 Kementerian/Lembaga dan 525 Pemerintah Daerah yang membuka diri dalam seleksi CPNS 2018, dengan jumlah total 238.015 formasi yang disediakan.
 
Berdasarkan perhitungan tersebut, 51.271 posisi di antaranya akan ditempatkan di pemerintah pusat. Sementara 186.744 lainnya diperuntukkan bagi instansi daerah.
 

Simak video pilihan berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Protes Banyak Atribut Parpol, SBY Walkout dari Deklarasi Kampanye Damai

Posted: 22 Sep 2018 08:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) walkout dari acara Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Monas Jakarta Pusat, Minggu (23/9/2018).

SBY protes lantaran banyaknya pelanggaran dalam acara kampanye damai ini.

Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan mengatakan, SBY sebelumnya sempat menghadiri acara deklarasi ini. Namun, saat parade defile dimulai, SBY walkout dan meminta Hinca untuk menggantikannya memimpin parade.

"Partai Demokrat, juga Pak SBY protes keras terhadap KPU dalam rangka deklarasi ini, tadi teman-teman melihat Pak SBY hadir, tadi malam saya menelpon Ketua KPU, Pak SBY akan hadir, tapi baru kira-kira lima menit tadi ikut defile itu, beliau turun dan walkout meninggalkan barisan karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati awalnya," ujar Hinca usai acara deklarasi di Lapangan Monas Jakarta, Minggu (23/9/2018).

Menurut dia, pelanggaran yang dimaksud SBY salah satunya yaitu adanya atribut partai politik yang dibawa oleh massa pendukung. Padahal, telah disepakati bahwa dalam kampanye damai tidak diperbolehkan membawa atribut partai serta diwajibkan memakai pakaian adat.

"Misalnya kan kita sepakat pakaian adat saja damai dan tidak membawa partai apalagi membawa atribut yang begitu banyak sehingga terkesan kampanye," ucap Hinca.

Dia menjelaskan bahwa acara telah diselesaikan padahal Partai Demokrat belum menandatangani deklarasi damai tersebut. Untuk itu, Demokrat menulis protes keras kepada Ketua KPU Arief Budiman.

"Kami tak bisa tandatangani, nah sehingga apa yang terjadi saya telah menulis protes keras kepada Ketua KPU Arief Budiman dan cc-nya Ketua Bawaslu (Abhan). Ketua Bawaslu udah jawab katanya saya udah ingatkan tadi Pak Arief," katanya.

Ketum Parpol Ikut

Acara ini turut dihadiri Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN Zulkfili Hasan, Ketum PPP Romahurmuziy, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketum PKS Sohibul Iman.

Ada pula Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto, Ketua Kosgama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Tim Kampanye Nasional Erick Thohir.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Timnas U-19 Vs Thailand: Pemanasan Jelang Piala AFC

Posted: 22 Sep 2018 08:15 PM PDT

Jakarta - Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Thailand pada turnamen PSSI Anniversary U-19 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Minggu (23/9/2018) malam. Ini menjadi laga pemanasan bagi Garuda Nusantara jelang melakoni Piala AFC U-19 Oktober mendatang.

Tim Garuda Nusantara akan menguji semua persiapan yang sudah dilakukan saat meladeni Thailand. Indra Sjafri telah memilih 20 pemain yang akan masuk dalam line-up untuk menghadapi The War Elephants.

Secara khusus Indra Sjafri dan tim analis Timnas U-19 sudah memantau permainan Thailand saat kalah 1-3 dari China pada pertandingan pertama PSSI Anniversary U-19 di Stadion Pakansari, Jumat (21/9/2018). 

"Kami melakukan persiapan untuk pertandingan menghadapi Thailand melalui hasil yang diambil tim analis, termasuk bagaimana Thailand bermain, memulai pertandingan, dan memulai serangan. Kami telah melakukan simulasi untuk laga ini dan mencari pemain yang siap turun untuk mengisi 11 posisi utama," ujar Indra Sjafri.

Indra Sjafri tak melihat perubahan berarti di skuat Thailand. Pelatih asal Sumatra Barat itu merasa yakin tim asuhannya bisa mendapatkan pembelajaran dari pertandingan uji coba ini untuk tampil di Piala AFC U-19 2018 yang dimulai pada 18 Oktober.

Indra Sjafri tampaknya akan mempercayakan posisi penjaga gawang kepada Muhammad Riyandi. Sementara lini pertahanan akan diisi Rachmat Irianto, Nurhidayat Haji Haris, Asnawi Mangkualam Bahar, dan Firza Andika.

Di lini tengah, Luthfi Kamal Baharsyah, Syahrian Abimanyu, dan Witan Sulaeman akan menjadi poros permainan tim, baik saat bertahan maupun membantu penyeranga. Pos striker kemungkinan dipercayakan kepada Muhammad Rafli Mursalim dan Feby Eka Putra serta Saddil Ramdani menjadi pemain sayap Timnas U-19.

Gelandang serang Timnas Indonesia U-19, Todd Rivaldo Ferre, yang baru datang dalam beberapa hari terakhir, menyebut dirinya dan rekan-rekan setimnya sudah sangat siap untuk bertanding menghadapi Thailand. 

"Kami sudah sangat siap. Kami sudah melakukan semua persiapan dengan baik agar bisa memberikan permainan terbaik. Thailand tim yang bagus, kami sempat bertemu di Piala AFF yang lalu. Saat itu kami sempat kalah di babak grup tapi bisa menang ketika perebutan tempat ketiga. Belajar dari sana, kami akan berusaha memberikan permainan terbaik kali ini," ujar gelandang serang Timnas U-19 itu.

 

 

Prakiraan susunan pemain:

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, memberikan instruksi saat latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (18/9/2018). Latihan ini merupakan persiapan jelang Piala AFC U-19. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

 

Timnas Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Nurhidayat Haji Haris, Rachmat Irianto, Firza Andika, Asnawi Mangkualam Bahar (belakang); Lutfhi Kamal Baharsyah, Syahrian Abimanyu, Witan Sulaeman (tengah); Feby Eka Putra, Saddil Ramdani, Muhammad Rafli Mursalim (depan)

Pelatih: Indra Sjafri

Thailand (3-4-3): Fahad Bilanglod (kiper); Kittipong Sansanit, Kritsada Nontharat, Sarawut Munjit (belakang); Sampan Kesi, Anusak Jaiphet, Nattawut Chootiwat, Thirapak Prueangna (tengah); Phitak Phaphirom, Matee Sarakum, Yuthapichai Lertlum (depan)

Pelatih: Ithsara Sritharo

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Musim Kekalahan, Valentino Rossi Belum Merasa Gagal

Posted: 22 Sep 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pebalap tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, masih menjadi perhatian di musim MotoGP 2018. Pasalnya, dalam 22 seri balapan musim ini, The Doctor belum pernah berada di puncak podium.

Tentu saja banyak kalangan yang menilai pemilik nomor 46 itu kini sedang berada di titik terendah dalam hal performa. Meski demikian, hal tersebut rupanya ditanggapi Rossi dengan santai.

Bahkan dia menjawab santai ketika ada yang menyatakan juara musim balap kali ini bukanlah untuk dirinya.

"Saya tidak tahu apakah ini musim kekalahan, saya sudah berkeliling dunia, saya melihat banyak kota hebat dan saya berbicara dengan Anda (media) ini menyenangkan, jadi ini tak sepenuhnya sebuah kegagalan," ucap Rossi usa sesi tes MotoGP Aragon seperti dilansir Crash, Sabtu (22/9/2018).

Mengenai situasi belakangan ini antara Rossi dan Yamaha, dia mengaku memang merasa kesulitan di musim balap kali ini dibandingkan tahun lalu.

Dia menyatakan, ketika di kembali bersama Yamaha tepatnya musim 2014, 2015 dan 2016, M1 dianggap memberikan kinerja sangat baik.

"Dengan hormat, musim ini sangat mirip dengan musim lalu. Ini tak ada perbedaan besar. Musim lalu saya bisa menang di Assen, tetapi itu hanya satu balapan dan di samping itu, kami sudah kesulitan dalam tiga balapan awal musim 2017," ingat Rossi.

 

Menyampaikan Keluhan

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memacu keceparan saat sesi latihan MotoGP Aragon di Sirkuit Aragon, Spanyol, Sabtu (21/9/2018). Pada sesi latihan ini, pria Italia itu hanya menduduki posisi kesembilan. (AFP/Jose Jordan)

Balapan kali ini, tunggangan Rossi dianggap kurang agresif, hal ini pun membuat dirinya menyerukan saran kepada Yamaha agar teknisi memberikan akselerasi lebih baik baik sejak awal musim.

"Kami sangat menderita dari sudut pandang teknis, tetapi yang bisa kami lakukan adalah tetap tenang dan memberikan informasi maksimal dan berharap kami bisa menemukan solusinya," ungkap Rossi.

"Pekerjaan saya bukan untuk mengatakan 'Saya butuh mesin V atau memodifikasi sasis dengan cara ini'. Apa yang saya katakan adalah bagi saya, kami berada dalam masalah besar di area antara ban dan motor. Terutama, bagian belakang ban," terangnya. Seperti diketahui Rossi saat ini sedang mempersiapkan diri untuk berlaga di Sirkuit Aragon yang akan berlangsung 23 September 2018.

Sejak melakukan sesi uji coba, Rossi berada di posisi ke-9 dengan catatan waktu lap terbaik satu menit 48,501 detik.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dikira Mayat Hanyut, Warga Malah Temukan Ini Mengambang di Kali

Posted: 22 Sep 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang enggak kaget kalau menemukan jasad seseorang tergeletak di jalan? Itulah yang dirasakan oleh sejumlah orang yang melintas pada sebuah jembatan di kota Steyr, Austria.

Orang-orang yang melintas menjadi khawatir ketika menemukan objek misterius yang mengapung di air. Walapun ragu dan cukup mencurigakan, orang-orang yang melintas merasa yakin bahwa objek tersebut merupakan jasad manusia.

Karena tak ada yang berani untuk mengambil jasad tersebut, orang-orang akhirnya menelepon pihak berwenang seperti polisi.

Dilansir dari Mail Online, ternyata polisi mengalami kesulitan untuk mengambil objek tersebut, sampai akhirnya mereka meminta bantuan pemadam kebakaran. Delapan petugas diturunkan untuk memeriksa objek misterius itu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Bukan jasad manusia

(Foto: © CEN)

Dengan menggunakan sebuah kendaraan penyelamat dan beberapa alat untuk memudahkan evakuasi, petugas berusaha mendekati objek tersebut.

Tapi ketika mereka berhasil mengambil jasad itu, ternyata justru berakhir mengejutkan. Semula dikira tubuh manusia, ternyata hanya sebuah boneka seks yang dibuang pemiliknya.

Walaupun mengundang tawa publik, namun banyak pihak merasa bersyukur bahwa objek itu bukan jasad manusia sungguhan. Petugas kemudian mengamankan benda tersebut dari air untuk mencegah panggilan seperti ini lagi.

Kasus boneka seks yang dianggap jasad manusia bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya pada pertengahan Agustus 2018, kejadian serupa pernah bikin geger masyarakat Filipina karena adanya laporan penemuan kepala manusia. Ternyata dugaan potongan kepala manusia itu justru berakhir kocak karena sebagai kepala maneken.

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: