Jumat, 07 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


VIDEO: Mantan Ariana Grande, Mac Miller Meninggal karena Narkoba

Posted: 07 Sep 2018 10:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka datang dari ranah hiburan Hollywood. Mac Miller, musisi yang juga mantan kekasih Ariana Grande meninggal dunia diusia 26 tahun karena overdosis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bukti Cinta, Wanita Ini Nikahi Jenazah Pacarnya Saat Pemakaman

Posted: 07 Sep 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini di Filipina tengah ramai perbincangan mengenai seorang gadis muda memutuskan untuk menikahi jenazah pacarnya. Gadis  bernama Zyrine itu sudah menjalin hubungan yang lama dengan kekasihnya sejak di bangku sekolah, namun sayangnya maut memisahkan mereka.

Gadis 19 tahun itu mengenakan gaun putih saat upacara pemakaman tunangannya. Ia berniat untuk menikah sebagai tanda ucapan cinta terakhirnya kepada jenazah kekasihnya, Jake Anthony Macadangdang.

Bisa dibilang, Jake telah berada dipuncak usia mudanya. Ia baru saja lulus dari universitas dan berencana mengambil pekerjaan di luar negeri. Namun nasib nahas menimpanya setelah seorang pengusaha kaya, Aaron Christian Reyes mengendarai mobilnya dengan ugal-ugalan dan menabraknya.

Kecelakaan itu menyebabkan delapan orang lainnya mengalami luka-luka, namun Jake termasuk yang paling parah dan tak bisa diselamatkan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Kisah asmara sejak SMP

(Foto: © Asia Wire) Seorang gadis muda rela nikahi tunangannya yang tewas saat pemakaman.

Kematian pemuda 22 tahun itu tentu menyisakan duka mendalam, terlebih dirasakan tunangannya.  Meski begitu, pihak keluarga sepakat untuk berbuat sesuatu pada pemakaman Jake. Mengingat bahwa ia dan Zyrine sudah lama menjalin hubungan asmara.

Ayah pengantin wanita, Antonio Delmend menceritakan tentang kisah cinta pilu putrinya. Keduanya ternyata sudah menjalani hubungan bersama sejak masih SMP. Bukti keseriusan hubungan mereka juga sudah sampai pada tahap pertunangan.

Sayangnya, hanya beberapa hari setelah hari bahagia itu dilaksanakan, Jake meninggal dunia yang disebabkan oleh kecelakaan fatal yang berlangsung pada 24 Agustus 2018. Kedua belah pihak akhirnya memutuskan untuk melangsungkan pernikahan saat pemakaman Jake. Meski begitu, pernikahan yang dilangsungkan tidak mengikat dan telah disetujui gereja. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bekas Cakaran Misterius di Kandang-Kandang Ternak, Ulah Beruang Madu?

Posted: 07 Sep 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Sudah sepekan warga di Desa Teluk Mundur, Kabupaten Pelalawan, dibuat ketakutan oleh kemunculan beruang madu. Beruang itu mencakar beberapa kandang ternak warga dan memakannya.

Untuk mengevakuasi satwa berkuku panjang ini, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau sudah turun ke lokasi. Perangkap diberi umpan berupa ikan serta daging, dan diletakkan agak jauh dari pemukiman.

"Baru satu perangkap yang dipasang, diletakkan di semak-semak," kata Kabid I KSDA Riau Mulyo Hutomo, Jumat siang, 7 September 2018.

Hutomo mengaku sudah ke dusun tersebut untuk mengumpulkan informasi. Dia juga sudah melihat kandang-kandang yang dirusak oleh satwa bernama latin Helarctos malayanus itu.

"Lebih dari satu kandang dicakar, nggak parah kali rusaknya," kata Hutomo.

Selama berada di lokasi, Hutomo menyebut belum bertemu langsung dengan beruang. Dengan demikian, Hutomo belum bisa memastikan berapa individu yang masuk ke pemukiman.

"Kalau informasi dari warga, lebih dari satu," ucap Hutomo.

Ia menduga beruang itu sudah masuk ke hutan produksi yang dekat dengan pemukiman warga. Biasanya, beruang keluar pada malam hari.

"Hutan di sekitar pemukiman, memang menjadi habitat beruang," kata Hutomo.

Menurut Hutomo, biasanya beruang keluar dari hutan karena sumber makanan di sana sudah berkurang. Apalagi, salah satu makanan kesukaannya, yaitu madu, sulit ditemukan.

"Apalagi, hutan produksi memang minim sekali madu," jelas Hutomo.

Hutan produksi ini dulunya merupakan hutan alam. Kawasan itu kemudian berubah menjadi hutan produksi, diiringi dengan pembangunan pemukiman di pinggir hutan.

"Jadi di situ memang habitatnya, apalagi beruang juga punya wilayah jelajah dan masuk ke pemukiman," kata Hutomo.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menuju Satu Dekade, Honda Ajak Bikers Kumpul Lagi di HBD 2018

Posted: 07 Sep 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Honda Bikers Day (HBD), adalah salah satu pesta akbar pecinta sepeda motor yang dibuat PT Astra Honda Motor (AHM). Kini, gelaran dari pabrikan berlambang sayap mengepak ini sudah menginjak satu dekade saat akan dilangsungkan tahun ini.

Ajang yang memperkuat solidaritas antar bikers Honda ini, bakal digelar di Pangandaran, Jawa Barat dengan diawali gelaran HBD regional di tiga pulau besar di Indonesia.

Berbagai aktifitas juga akan dilakukan untuk menuju satu dekade HBD, seperti turing invitation yang dilakukan di pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi serta adanya turing napak tilas mengunjungi lokasi-lokasi pelaksanaan HBD dari 2009 menuju 2017 sebagai bentuk nostalgia perjalanan 10 tahun HBD.

Setelah itu, HBD regional pertama akan dilakukan untuk area Sumatera yang berlokasi di Jakabaring Sport City, Palembang (6/10/2018), dilanjutkan di GOR Sempaja, Samarinda (13/10/2018), dan terakhir untuk regional area Sulawesi akan dilaksanakan di Kawasan Megamas, Manado (27/10/2018).

Sebagai rangkaian dari pesta bikers HBD, seluruh komunitas dan pecinta sepeda motor Honda dari berbagai wilayah di Indonesia akan berkumpul bersama di Lapangan Ketapang Doyong, Pangandaran, Jawa Barat (17/11/2018).

Menurut GM Marketing Planning and Analysis Division PT AHM, Agustinus Indraputra, HBD merupakan ajang yang ditunggu-tunggu pecinta sepeda motor Honda. Hadir selama 10 tahun, HBD menemani para bikers menjaga kekompakan, kebersamaan, dan persatuan pecinta sepeda motor Honda dari Aceh hingga Papua.

"Menuju 10 tahun pelaksanaannya, HBD telah menjadi sebuah momen kebersamaan yang dinanti oleh pecinta sepeda motor Honda. Hal ini, terlihat dari semakin meningkatnya pengunjung dari HBD dari tahun ke tahun," ujar Indraputra, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com.

Selanjutnya

Untuk mengikuti HBD 2018, AHM mulai membuka pendaftaran pada akhir September 2018 bagi seluruh bikers komunitas sepeda motor, dan perwakilan klub sepeda motor Honda.

Selain itu juga, dilakukan pendaftaran di lokasi acara. Untuk para bikers yang telah terdaftar di Honda Community dapat langsung menunjukkan Honda Community ID.

Sedangkan, untuk bikers yang belum terdaftar, cukup membawa kartu identitas, seperti Surat IZin Mengemudi (SIM) C dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sepeda motor yang dikendarai.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Beda Usia 13 Tahun, Shinta Bachir Resmi Dilamar Anggota DPRD Sidrap

Posted: 07 Sep 2018 10:01 PM PDT

Suasana prosesi lamaran aktris Shinta Bachir dengan anggota DPRD Sidrap, Idham Masse di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Pasangan yang terpaut usia 13 tahun tersebut melangsungkan lamaran, setelah mereka taaruf. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suasana prosesi lamaran aktris Shinta Bachir dengan anggota DPRD Sidrap, Idham Masse di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Pasangan yang terpaut usia 13 tahun tersebut melangsungkan lamaran, setelah mereka taaruf. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ibunda  anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memasangkan cincin ke jari aktris Shinta Bachir pada prosesi lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir resmi dilamar oleh Idham yang juga merupakan politikus Partai Golkar tersebut (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Ibunda anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memasangkan cincin ke jari aktris Shinta Bachir pada prosesi lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir resmi dilamar oleh Idham yang juga merupakan politikus Partai Golkar tersebut (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir dalam acara lamaran di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir resmi dilamar oleh Idham Masse yang  merupakan anggota DPRD Sidrap  juga politikus Partai Golkar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir dalam acara lamaran di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir resmi dilamar oleh Idham Masse yang merupakan anggota DPRD Sidrap juga politikus Partai Golkar. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota DPRD Sidrap, Idham Masse dalam acara lamaran di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Idham yang  merupakan anggota DPRD Sidrap  juga politikus Partai Golkar itu resmi melamar aktris Shinta Bachir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Anggota DPRD Sidrap, Idham Masse dalam acara lamaran di kawasan Bambu Apus, Jakarta, Sabtu (8/9). Idham yang merupakan anggota DPRD Sidrap juga politikus Partai Golkar itu resmi melamar aktris Shinta Bachir. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Rencananya, Shinta dan duda tiga anak itu akan menggelar pernikahan pada 11 November mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Rencananya, Shinta dan duda tiga anak itu akan menggelar pernikahan pada 11 November mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir mengenakan kebaya berwarna abu-abu lengkap dengan kerudung yang menutupi kepalanya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Shinta Bachir mengenakan kebaya berwarna abu-abu lengkap dengan kerudung yang menutupi kepalanya. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Rencananya, Shinta dan duda tiga anak itu akan menggelar pernikahan pada 11 November mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Aktris Shinta Bachir bersama anggota DPRD Sidrap, Idham Masse memperlihatkan cincin saat acara lamaran di Jakarta, Sabtu (8/9). Rencananya, Shinta dan duda tiga anak itu akan menggelar pernikahan pada 11 November mendatang. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inapgoc Gaungkan Semangat Asian Para Games di Ternate

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) sudah mulai menggaungkan semangat Asian Para Games 2018 di daerah-daerah. Semangat kesetaraan untuk penyandang disabilitas mulai digaungkan di Ternate, Maluku Utara dimana pawai obor dimulai, Minggu (9/9/2018).

"Api lentera Asian Para Games 2018 memang diambil dari Api Abadi Mrapen, Jawa Tengah. Lalu di bawa ke Ternate untuk dimulai pawai obor. Pawai obor ini menjadi rangkaian kegiatan Asian Para Games pada 6-13 Oktober," kata Sekretaris Jenderal Inapgoc, Bayu Rahadian seperti dikutip antara.

Penyelenggaraan Asian Para Games ke-3 di Jakarta itu lebih menekankan aspek kemanusiaan dan tidak sekadar prestasi olahraga atlet-atlet difabel Asia.

"Kami tidak hanya berharap sukses penyelenggaraan melainkan keberlangsungan kepedulian terhadap sesama sehingga Indonesia menjadi negara besar yang ramah kepada disabilitas," kata Bayu.

Pemilihan Ternate sebagai lokasi untuk menggaungkan semangat inspirasi dan energi Asia juga selaras dengan peringatan Hari Olahraga Nasional ke-35 yang akan berlangsung pada Minggu.

Alasan Pemilihan Ternate

ASIAN PARA GAMES 2018

Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga, Raden Isnanta mengatakan Ternate dipilih karena ingin mengkampanyekan olahraga di daerah-daerah terdepan di Indonesia.

"Kami belum pernah menggelar kegiatan nasional di wilayah timur Indonesia. Ternate menjadi lokasi pertama kami yang selaras dengan amanat Presiden untuk menggelorakan semangat olahraga di daerah terdepan di Indonesa," kata Isnanta.

Walikota Ternate Burhan Abdurrahman mengatakan daerahnya telah melahirkan sejumlah atlet nasional yang turut membela Indonesia dalam kejuaraan-kejuaraan internasional, terutama Asian Games 2018, salah satunya adalah atlet tinju Sunan Agung Amoragam.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balas Dendam, Seungri Bocorkan Rahasia Memalukan Member Big Bang

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Seoul- Seungri tengah bebas. Magnae--sebutan personel paling muda--di Big Bang ini tengah bersolo karier.

Ia sukses merilis single terbaru, "1,2,3" dan "Where're You From." Dengan karya tersebut, Seungri berhasil masuk tangga lagu ternama di Korea Selatan, serta beberapa negara lainnya di dunia, termasuk Jepang.

Sebagai magnae, biasanya Seungri selalu menjadi objek diganggu oleh rekan-rekannya. Personel Big Bang lainnya, T.O.P, Taeyang, G-Dragon dan Daesung usilin Seungri.

Salah satunya, saat Seungri akan menyanyikan lirik lagu bagiannya. Ia diganggu, hingga membuatnya hilang konsentrasi.

Kini, saat personel Big Bang lainnya tengah wajib militer, Seungri membalas dendam. Ia membongkar rahasia hyung-nya.

Lagu Patah Hati Big Bang

Big Bang (YG Entertainment)

Di salah satu acara, Seungri ditanya mengapa beberapa lagu Big Bang memiliki lirik yang menyedihkan. Seungri menyebutnya, sebagai lagu patah hati.

Ia pun membongkarnya. Katanya, G-Dragong yang membuat lagunya kerap kali patah hati.

Jawaban Konyol

Seungri `Big Bang` (SBS)

"Oh, itu. Tentu saja, itu karena G-Dragon sering putus cinta. Jadi, ia menuangkannya lewat lagu," sebut Seungri, di sebuah video.

Penggemar Big Bang yang disebut VIP mengingatkan Seungri untuk berhati-hati. Para penggemar menuliskan di forum YGStand, "saat member Big Bang kembali dari wamil, giliran mereka yang membalas dendam kepada Seungri."

Bongkar yang Lain

Seungri `Big Bang` (Foto: instagram.com/seungriseyo)

Di acara radio yang dipandu Sunghyun `Akdong Musician`, Seungri kembali membongkar kelakuan member Big Bang.

Ia menyebutkan, rahasia personel Big Bang di atas panggung. Sang magnae menyebutnya personel Big Bang nggak kompak.

Lucu

Seungri `Big Bang` (Foto: soompi.com)

"Yah, Big Bang tak terlalu bagus bekerja sama. Hanya kami yang tahu. Saat Taeyang merasa mood-nya bagus, ia akan berlarian di atas panggung," celoteh Seungri.

"Padahal, tak ada perintah untuk melakukan itu. Lalu, kami berpura-pura memang ada momen Taeyang harus berlari di atas panggung," Seungri menambahkan sambil tertawa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Bakal Bangun Tiga Pos Lintas Batas di Kalimantan Utara

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Balikpapan - Pembangunan jalan paralel perbatasan di Kalimantan Utara (Kaltara) sepanjang 826,66 km yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) turut menembus Taman Nasional Kayan Mentarang yang membentang seluas 1,35 juta hektare.

Jalan tersebut berbatasan langsung dengan negara bagian Sarawak dan Sabah di Malaysia. Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XII Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Refly Ruddy Tangkere menuturkan, pihaknya akan memanfaatkan keberadaan jalan eksisting yang telah terbangun di Taman Nasional Kayan Mentarang.

"Iya. Kalau gunung Mentarang kita melalui, tapi kita hanya memperbaiki jalan eksisting yang sudah ada. Cuma jalan eksistingnya cukup tinggi, jadi kita yang memperbaiki trase yang sudah ada supaya bisa fungsional," terang dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Balikpapan, Sabtu (8/9/2018).

Dia mengatakan, jalur eksisting tersebut  akan menjadi akses bagi masyarakat setempat untuk menuju jalan perbatasan. "Secara otomatis dia harus connect dengan jalan paralel. Itu akan menjadi jalan akses menuju Pos Lintas Batas (PLB)," tambah dia.

Refly pun menyampaikan, pihaknya akan membangun tiga PLB di Kaltara, yakni di Long Midang, Mensalong dan Pulau Sebatik. "Cuman Pulau Sebatik ini sudah ditangani. Artinya, jalannya sudah ada, tinggal kita perbaiki lagi," tambah dia.

Terkait perkembangan proyek itu, ia menyebutkan, masih ada sekitar 126 km jalan yang belum tembus di batas utara Kaltara hingga akhir tahun ini. Agar bisa tembus total pada 2019, lanjutnya, pihaknya membutuhkan tambahan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 1,1 triliun.

"Yang jelas sampai akhir tahun ini masih ada untuk Kaltara yang belum tembus kurang lebih ada 126 km. Tapi diharapkan, dengan dukungan pendanaan dari pusat kurang lebih Rp 1,1 triliun, itu bisa ditembus sampai akhir 2019," tutur dia.

 

Masyarakat Manfaatkan Jalan Perbatasan di Kalimantan Jadi Lokasi Wisata

Jalan perbatasan di Kalimatan (Foto:Liputan6.com/Maulandy R)

Sebelumnya, salah satu jalan paralel perbatasan di Kalimantan yang saat ini tengah dikerjakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakni ruas batas KalimantanBarat (Kalbar)-Tiong Ohang di Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 15 km.

Selain membangun jalan lintas batas negara, pada ruas tersebut turut pula dibangun jalan akses atau juga yang disebut jalan sirip menuju desa Long Apari sepanjang 5 km.

PKK Batas Kalbar-Tiong Ohang Rusdi Salman mengatakan, keberadaan jalan sirip ini seakan menjadi pembaharuan yang menyenangkan bagi masyarakat setempat, sehingga kerap dimanfaatkan sebagai tempat wisata.

"Jalan sirip ini masyarakat setempat menyebutnya JB atau Jalan Baru. Masyarakat sini kalau kemarau jalan kering, ini (JB) jadi tempat tamasya. Banyak orang kumpul-kumpul di sini," ucap dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Long Apari, Jumat 7 September 2018.

Dia juga menceritakan, jalan sirip ini sebenarnya sudah mulai terbangun sejak jalur paralel perbatasan mulai dibangun oleh Kementerian PUPR pada 2015 lalu. 

Menurut pengamatan Liputan6.com, permukiman-permukiman baru turut bermunculan di sepanjang jalan baru tersebut. Warga setempat coba memanfaatkan lahan baru ini untuk membuka area perkebunan.

Terkait jalan paralel perbatasan Batas Kalbar-Tiong Ohang, pembangunannya dibagi menjadi dua paket dan dikerjakan oleh empat kontraktor lokal asal Kalimantan. Antara lain, PT Bukit Mas Asri Jaya, PT Herenanda Surya Pratama, PT Damar Putra Mandiri, dan PT Surya Jagatdita Sejahtera.

Dalam urusan pembukaan lahan, pengerjaannya pun dibantu oleh pihak Zeni TNI AD yang total berjumlah sekitar 20 orang.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Cuci Darah Mengadu ke DPR Terkait Sistem Rujukan BPJS yang Berbelit-belit

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orang yang tergabung di Komunitas Cuci Darah Indonesia berbondong-bondong ke DPR pada Kamis, 6 September 2018, untuk mengadu soal sistem rujukan BPJS Kesehatan yang berbelit-belit.

Di hadapan Ketua Komisi IX DPR RI, Ketua Umum Pengurus Pusat Komunitas Cuci Darah Indonesia Tony Samosir mengatakan bahwa sistem rujukan bagi pasien cuci darah sangat memberatkan.

Berdasarkan keluhan dan laporan yang Tomy terima, tidak sedikit yang pada akhirnya batal cuci darah lantaran kelengkapan administrasi rujukan.

"Padahal mereka itu bukan pasien baru. Aturan itu diterapkan tiba-tiba tanpa sosialisasi yang baik," kata Tony dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 8 September 2018.

Menurut Tony, rasa-rasanya tak perlu lagi pasien cuci darah maupun penyakit kronik lainnya dirujuk balik ke fasilitas kesehatan (Faskes) pratama, karena hanya memberatkan mereka saja.

Sebab, selain fisik yang tidak lagi mempuni, kondisi geografis di daerah terpencil sudah jadi kendali buat mereka.

"Ditambah pula tidak ada urgensinya untuk rujuk balik, karena dokter di faskes Pratama tidak memiliki kompetensi untuk menangani pasien kronik," kata Tony yang seorang mantan pasien cuci darah.

Tony pun menilai bahwa BPJS Kesehatan tidak berorientasi meningkatkan layanan, melainkan sibuk mengurangi jaminan dan manfaat dengan alasan efisiensi.

"Kami juga menyesalkan BPJS Kesehatan telah mengeluarkan kebijakan yang sangat memberatkan bagi pasien penyakit kronik lainnya, seperti kanker yang tidak menjamin obat Trastuzumab, pengurangan manfaat bagi pasien katarak, persalinan dengan bayi sehat dan rehabilitasi medik," kata Tony.

Kebijakan seperti itu membuat Tony dan pasien cuci darah lainnya merasa khawatir akan penyakit kronik lainnya yang akan dibatasi BPJS Kesehatan karena alasan efisiensi.

 

Tanggapan DPR RI

Mendengar keluhan itu, Ketua Komisi IX DPR RI Ribka Tjiptaning berharap BPJS Kesehatan semakin mempermudah pasien untuk berobat, termasuk soal jaminan pembiayannya.

Sebelum adanya sistem BPJS, lanjut Ribka, aturan bagi pasien miskin yang berobat sangat memberatkan. Karena itulah anggota DPR RI yang ikut melahirkan UU BPJS sangat berharap ada perubahan yang lebih baik lagi.

"Bila ternyata Direktur Utama BPJS Kesehatan dan Menteri Kesehatan masih menerapkan aturan berbelit-belit bagi pasien yang akan berobat, lebih baik mundur saja," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alat Pancing hingga Ikat Rambut, Ini Cara Unik Warga Kuba Manfaatkan Kondom

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Havana - Di Kuba, warga menggunakan kondom untuk berbagai hal. Mulai dari untuk memancing ikan, membantu proses pembuatan minuman anggur, memperbaiki kebocoran, hingga mengikat rambut.

Di negara komunis ini, alat kontrasepsi itu disulap menjadi alat serba guna. Kekurangan barang-barang kebutuhan mendasar mengharuskan warga Kuba memutar otak untuk memanfaatkan barang yang ada.

Sanksi perdagangan dari AS yang sudah berlangsung puluhan tahun dan disfungsi perekonomian terpusat, mengakibatkan toko-toko di Kuba sering kosong melompong tanpa barang dagangan. Ketika barang-barang impor tersedia pun, ini dijual dengan harga sangat mahal oleh negara atau di pasar gelap hingga tidak akan mampu dibeli oleh warga Kuba --yang rata-rata berpenghasilan hanya US$30 per bulan (sekitar Rp 445 ribu).

Tapi uniknya, kondom --baik yang diproduksi di dalam negeri maupun yang diimpor dari Asia-- cukup mudah ditemui dan pasokannya cukup memadai. Hal ini disebabkan karena negara Karibia itu memfokuskan perhatian pada kesehatan seksual.

Harga kondom juga murah, karena ada subsidi pemerintah. Satu kotak yang berisi 3 kondom dijual seharga 1 peso Kuba (sekitar US$4 atau Rp 59 ribu).

Warga Kuba mengatakan, karena kuat dan lentur, kondom bisa digunakan untuk berbagai hal --di luar fungsinya sebagai alat kontrasepsi dan pencegahan penyakit yang ditularkan dari hubungan seksual.

"Kami tidak mungkin membiarkan pelanggan kami kesal, sebab kami tidak dapat melakukan sesuatu. Karena kami tidak memiliki banyak peralatan, kami mencari alternatif," kata Sandra Hernandez, seorang penata rambut di Havana Hairdressers yang menggunakan kondom sebagai ikat rambut. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (7/9/2018).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

Kondom Untuk Acara Anak-Anak

Ilustrasi Foto Alat Kontrasepsi Kondom (iStockphoto)

Sementara itu, pada sebuah konser atau acara ulang tahun anak-anak, kondom ditiup menjadi balon besar yang melayang di udara.

Di sepanjang pantai, terdapat pelampung yang terbuat dari beberapa kondom dan diikat bersama mengapung di laut, membawa kail yang sudah diberi umpan. Hal ini memungkinkan nelayan berada di pantai Kuba, karena sebelumnya mereka merasa takut, kapal emigrasi ilegal membawa umpan mereka lebih jauh.

"Tujuannya adalah menangkap ikan yang lebih besar," ucap Angel Luis Nunez, nelayan di hunian Malecon.

Mungkin penggunaan kondom yang paling tidak masuk akal adalah seperti yang dilakukan oleh Orestes Estevez. Kondom menjadi penutup botol anggur.

Kondom mengembang saat gas fermentasi anggur keluar, saat karetnya mengecil, proses fermentasi selesai. Estevez kemudian menjual anggurnya di garasi.

"Benda ini dapat menaikan persenan alkohol dan mempercepat proses fermentasi," kata pembuat anggur rumahan itu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pria Korea Utara Jadi Dalang Peretasan Sony dan Serangan WannaCry

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Departemen Hukum dan Keadilan Amerika Serikat (AS) menuding Korea Utara terkait dengan kasus peretasan besar Sony Pictures pada 2014.

Tidak hanya itu, Korea Utara juga dituding jadi dalang untuk serangan masif ransomware WannaCry di seluruh dunia.

Sekadar informasi, AS memang telah menyalahkan Korea Utara atas peretasan Sony sejak akhir 2014.

Kejahatan siber yang dilakukan Korea Utara itu diyakini merupakan respon terhadap dirilisnya film The Interview.

Sekadar informasi, The Interview merupakan film besutan Seth Rogen yang dibintanginya bersama aktor James Franco.

Film tersebut menggambarkan adanya upaya pembunuhan terhadap penguasa Korea Utara Kim Jong-un.

Peretasan email-email milik Sony membuat Sony Pictures kehilangan tajinya sebagai sebuah perusahaan besar.

Terbaru, pihak berwenang AS menyatakan, seorang pria bernama Park Jin-hyo yang berkonspirasi selama bertahun-tahun dengan pemerintah Korea Utara sebagai orang di balik peretasan Sony Pictures dan disebarnya ransomware WannaCry.

Park sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari The Verge, Sabtu (8/9/2018), diduga masuk ke sistem Sony Pictures dan menyebarkan ransomware WannaCry 2.0 yang merusak sistem komputer di 150 negara.

Park dituduh dengan tudingan konspirasi untuk melakukan penipuan dan penyalahgunaan komputer serta konspirasi melakukan tindak penipuan di dunia maya.

Jika kasus ini dibawa ke pengadilan dan Park dinyatakan bersalah, dia bisa dikenai hukuman sampai 25 tahun penjara.

 

Anggota Kelompok Hacker Lazarus

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Forbes dalam laporannya menyebut, Park dipercaya sebagai salah satu anggota kelompok hacker Lazarus yang disponsori oleh pemerintah Korea Utara.

Lazarus sebelumnya juga dikenal sebagai kelompok hacker yang berada di balik peretasan dana sebesar US$ 81 juta dari Bank Bangladesh pada 2016 silam.

Empat tahun memang waktu yang cukup lama untuk akhirnya menentukan dalang di balik dua kasus kejahatan kriminal besar dunia.

Namun, hal tersebut bisa dipahami mengingat sulitnya menghubungkan aktivitas jahat yang terjadi di dunia maya.

Apalagi, saat si peretas beroperasi di negara dengan kontrol akses internet yang kuat.

Upaya FBI Tanpa Henti Buahkan Hasil

Ilustrasi Hacker (iStockPhoto)

Asisten Pertama Jaksa Amerika Serikat Tracy Wilkison mengatakan, skema ini tereskpos melalui upaya agen FBI dan jaksa federal yang tanpa henti, sehingga bisa membongkar kedok kejahatan siber yang canggih.

Menurut hasil penelusuran, Park dan anggota Lazarus lainnya melakukan serangan baik di Korea Selatan maupun Tiongkok.

Mengingat hubungan tegang antara AS dan Korea Utara serta minimnya perjanjian ekstradisi antara keduanya, kemungkinan Park untuk diadili sangatlah rendah.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sedih, Bayi Gajah di Taman Nasional Kehilangan Belalai

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seekor bayi gajah di Taman Nasional Kruger tidak memiliki belalai diduga belalai hilang diterkam buaya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Intip Tren Belanja di Indonesia dari Offline ke Online

Posted: 07 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja Anda. Akibatnya terjadinya pergeseran tren dari belanja konvensional dengan cara mendatangi toko fisik di beragam lokasi (offline) ke belanja secara digital (online). Kini, Anda dapat membeli apa pun, kapan pun, dan di mana pun langsung dari genggaman tangan mereka.

Tren belanja ini juga meningkatkann laju pertumbuhan industri e-commerce di Indonesia. Hal ini didorong dengan besarnya pasar dari generasi muda, perangkat mobile dengan harga yang terjangkau, investasi besar dari para investor asing, dan kemudahan proses pembayaran. Selain itu, masayarakat juga semakin akrab dengan dunia e-commerce karena hasil pencarian kata kunci yang semakin spesifik.

Melihat hal ini, perusahaan pemrosesan dan pengemasan makanan serta minuman, Tetra Pak memperkenalkan Tetra Pak Index yaitu sebuah riset tahunan yang diadakan di beberapa negara termasuk Indonesia, untuk mempelajari tren belanja pangan di era omnichannel. Riset yang memasuki tahun kesebelas ini juga menjelaskan pentingnya peranan kemasan produk dalam tren belanja online saat ini.

Salah satu aktivitas belanja online yang sering dilakukan yaitu belanja makanan dan minuman secara online atau e-grocery. Cara belanja e-grocery pun kian digemari di seluruh dunia karena kemudahan dan efisiensi waktu. E-grocery telah dipandang sebagai sebagai cara belanja baru yang memudahkan. Jenis produk tersedia juga kurang lebih sama dengan yang ditawarkan di toko-toko, termasuk makanan dan minuman dalam kemasan.

"Berdasarkan riset Tetra Pak Index di Indonesia, sebanyak 1,2 persen konsumen di Jakarta telah berbelanja pangan secara online pada tahun 2016 dan angka ini diharapkan untuk terus tumbuh hingga 5,4 persen pada tahun 2030. Sementara itu kegiatan belanja di pasar tradisonal mungkin akan menurun pada tahun 2030 menjadi 46,6 persen dari sebelumnya di angka 56,3 perse pada tahun 2016," kata Gabrielle Angriani Communications Manager Tetra Pak Indonesia seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com.

 

4 kemudahan yang ditawarkan belanja online

Melihat teknologi yang digunakan untuk memenuhi tren belanja yang mulai bergeser dari offline ke online. (Foto: Dok. Tetra Pak)

Tidak hanya dirasakan oleh pembeli, tren belanja pangan berbasis online ini juga dilihat oleh e-commerce tanah air. Kemudahan-kemudahan yang tidak didapatkan saat berbelanja ke supermarket secara offline membuat masyarakat memilih menggunakan e-grocery.

"Tren belanja konsumen Indonesia yang perlahan beralih ke e-grocery disambut dengan sangat baik oleh para e-commerce, khususnya Bukalapak. Di Jakarta sendiri, e-grocery berkompetisi langsung dengan minimarket dan supermarket karena permintaan konsumen akan pengalaman belanja yang mudah dan cepat, serta akses internet yang membaik," ujar Rahmat Danu Andika Associate Vice President of O2O Business Bukalapak.

Selain membahas tentang tren e-grocery, hasil riset Tetra Pak Index juga memberikan wawasan tentang empat faktor utama yang mempengaruhi pasar e-grocery, yaitu pertama kemudahan yang menjadi penentu utama dalam aktivitas belanja, kedua teknologi dan kinerja yang mempengaruhi kecepatan pengiriman barang.

Selanjutnya yang ketiga yaitu keberlanjutan yaitu kesadaran Anda menggunakan produk dari perusahaan yang peduli akan isu lingkungan hidup, termasuk isu penggunaan plastik, daur ulang serta ekonomi melingkar, serta yang terakhir personal dan unik yang meningkatkan loyalitas pembeli.

 

Teknologi pengemasan yang mendukung penjualan online

Melihat teknologi yang digunakan untuk memenuhi tren belanja yang mulai bergeser dari offline ke online. (Foto: iStockphoto)

"Riset kami membuktikan bahwa daya tahan dan efisiensi kemasan menjadi persyaratan penting dalam kegiatan belanja online. Bahkan hasil riset pun menunjukkan bahwa kemasan yang efisien secara berat maupun ruang dapat memberikan pengurangan volume transportasi sebesar 30-50 persen," tambah Gabrielle.

Keempat faktor di atas mempengaruhi cara pengusaha dan perusahaan melakukan bisnis, khususnya dalam pengemasan produk. Untuk itu, Tetra Pak menawarkan inovasi terbaru dalam era omnichannel ini melalui teknologi Kemasan menggunakan QR Code unik dan Radio-Frequency Identification (RFID).

Teknologi pengemasan cerdas dengan QR Code unik memungkinkan setiap paket produk untuk diberikan tanda pengenal yang unik. Kode-kode ini dapat dibaca oleh perangkat pemindaian data pada smartphone. Anda dapat langsung mendapatkan informasi tentang sumber bahan dasar, fakta nutrisi, maupun aktivitas promosi dan informasi lingkungan. Wawasan dari kode-kode digital ini membuat pengalaman belanja terasa lebih personal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Marquez Girang dengan Performa RC213V di Misano

Posted: 07 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Marc Marquez menandai jalannya sesi latihan bebas di hari pertama dengan menempati posisi kelima. Pimpinan klasemen pembalap MotoGP itu menorehkan waktu 1 menit 32,537 detik di FP2.

Penampilan Marquez pada sesi latihan pertama (FP1) awalnya berjalan kurang maksimal. Pasalnya, pembalap Repsol Honda itu tercecer di peringkat ke-13. Setelah memfokuskan pada kecepatan motor RC213V, dia mampu menebus dosa di FP2, dengan mendongkel posisinya ke urutan kelima.

"Saya sangat senang hari ini (kemarin) karena kami bekerja sangat baik di sini (Sirkuit Misano) dimulai dengan penyiapan yang bagus sejak awal dan membuat sedikit langkah di sore hari juga," jelas Marquez dikutip dari laman resmi Repsol Honda, Sabtu (8/9/2018).

"Sebagian pembalap melakukan tes di minggu lalu, jadi kami hanya mencoba menjadi sangat tepat di setiap langkah pekerjaan dan kami senang dengan langkah kami," ucap dia.

 

Nyaman dengan RC213V

Lebih lanjut, Marquez merasa nyaman dengan motor RC213 V lantaran dirinya bisa mengendarai dengan baik. Selama FP1-FP2, pembalap berjuluk Baby Alien tidak memanfaatkan ban baru Michelin dan dia mengklaim lebih memfokuskan pada hal lain terutama yang dapat meningkatkan performa balap saat balapan.

"Kita akan lihat besok (hari ini) bagaimana keadaannya. Sepertinya banyak pengendara yang cukup kuat tetapi kami sudah sangat setara," imbuh Marquez.

(David Permana)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Ayah Bripda Puput soal Isu Anaknya Akan Menikah dengan Ahok

Posted: 07 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok diisukan akan menikah dengan seorang polwan bernama Bripda Puput Nastiti Devi.

Disambangi di rumahnya di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Puput belum bersedia memberikan konfirmasi apapun. Dia juga bahkan belum bersedia bertemu awak media.

Ayah Puput, Teguh Sriyono mengatakan, putrinya belum siap mengkonfirmasi kebenaran isu rencana pernikahannya dengan Ahok.

"Mungkin sekarang belum siap. Nanti kalau sudah siap terserah sampean lah mau ngomong di mana sama Puput," kata Teguh ketika ditemui di kediamannya, Sabtu (8/9/2018).

Teguh sendiri mengatakan tak bisa memberikan keterangan apapun. Karena hingga saat ini, sang anak belum bercerita.

"Saya kurang tahu. Saya tahunya di media sosial (isu menikah dengan Ahok). Kalau tahu persis pasti bisa menjawab," ujar Teguh. "Untuk jelasnya nanti tanya saja ke Puput. Dia kalau sudah siap pasti ngomong," ucapnya.

 

Anak Sulung

(Foto brilio.net)

Puput adalah anak sulung dari pasangan Teguh Suryono dan Lilis Wijayanti.

Teguh menjelaskan, Puput mulai tertarik menjadi polisi sejak duduk di bangku SMP dan bercita-cita ingin menjadi Polwan. Keinginannya itu pun kemudian terwujud.

"Lulus SMA 2015. Kemudian daftar Brigadir. Lalu menjalani pendidikan selama 7 bulan. Ia pun bertugas di Satuan Samapta Bhayangkara (Sat Sabhara) Polda Metro Jaya. Setelah itu, sekitar tahun 2017 mengawal Bu Vero," tukas Teguh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PLN Pelajari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbesar di Rusia

Posted: 07 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) melakukan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) terbesar di Rusia, yaitu NPP Novovoronezh Unit 6 berkapasitas 1200 MW di Voronezh, Rusia pada 7 September 2018.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusra PLN, Djoko R Abumanan mengatakan, PLN ingin mempelajari  langsung bagaimana teknologi yang diterapkan pada PLTN khususnya NPP Novovoronezh.

"Kami tertarik bagaimana kemajuan riset dan teknologi yang dimiliki Rosatom khususnya di Unit 6 yang menggunakan teknologi Nuklir teranyar. Kami rasa tepat jika melakukan benchmarking ke NPP Novovoronezh sebagai PLTN terbesar di Rusia," Kata Djoko kepada wartawan, Sabtu (8/9/2018).

Dalam rangka kunjungan kerja ke Rusia ini, PLN membawa rektor dan perwakilan dari tujuh Perguruan Tinggi ternama Indonesia. Hal ini agar bisa terciptanya sinergi pemahaman bersama mengenai pemanfaatan energi nuklir.

"Kami bersama dengan para akademisi, mengunjungi PLTN Novovoronezh ini agar memiliki pemahaman lebih mendalam tentang pemanfaatan teknologi Nuklir serta plus minus nya penerapan PLTN. Selain itu kita juga benchmarking terhadap sistem pelatihan sdm mereka," tambah Djoko.

Rombongan PLN dan delegasi diterima oleh Deputy Chief Engineer Rosatom Sergei Vitkovskiy bersama dengan kolega nya. Kunjungan ke NPP Novovoronezh ini meliputi tinjauan ke Training Center of Unit 6 Rosatom, Machine Room, Nuclear Power Plant Control Panel / Observation Deck. 

NPP Novovoronezh Unit 6 menggunakan teknologi Nuklir terbaru dengan tipe reaktor VVER 1200. PLTN ini merupakan PLTN dengan teknologi generation 3+ pertama di dunia, dengan masa hidup selama 60 tahun.

PLTN ini produksi daya listrik sebesar 1.195,4 MW dan daya panas 3.200 MW yang biasanya digunakan untuk pemanas gedung-gedung dan perumahan di Rusia saat musim dingin. 

Sistem keamanan dan pengamanan dari teknologi VVER 1200 terdiri dari containment internal dan external. Barrier system terdiri dari fuel pellet, fuel pin cladding, primary circuit boundary, protective containment dan biological shield.

Dengan berbagai sistem perlindungan tersebut, NPP Novovoronezh memiliki zero accident. Sementara di sistem pelatihannya, Rosatom menjadi salah satu perusahaan Best Practice to be Replicated menurut OSART Mission.

Kunjungan kerja PLN bersama para akademisi ke Rusia ini telah berlangsung selama lima hari. Selain NPP Novovoronezh, rombongan juga melakukan kunjungan ke Instansi Perguruan Tinggi seperti MPEI, Gubkin State Univ dan MEPhI.

Bahkan untuk Universitas Indonesia dan Institut Pertanian Bogor berhasil teken MoU dengan RSAU-MTT melalui kunjungan ini.

"Diharapkan melalui kunjungan kerja ini, PLN dapat membentuk sebuah link and match persepsi antara industri dengan akademik tentang pemanfaatan teknologi nuklir," tutur Djoko. (Yas)

 

RI Kaji Kebutuhan Dana Bangun Pembangkit Nuklir

Ilusrasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir. (Foto: batan.go.id)

Sebelumnya, Dewan Energi Nasional (DEN) mengaku terus mengevaluasi pentingnya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia.

Anggota DEN Abadi Poernomo mengatakan, berdasarkan studi yang dilakukan ke Jepang, biaya pembangunan PLTN dengan tingkat keamanan tinggi membutuhkan biaya yang sangat mahal. 

"Sekarang sudah pada stage 3 sampai 3,5 ini sangat mahal sekali. Kemarin saya sempat nengok ke Fukushima, Jepang dan di situ bagaimana membuat PLTNitu aman. Kalau dari diskusi saya dengan temen-temen di Jepang untuk yang terbaru ini sudah sampai USD 7 juta per MW," ungkapnya saat ditemui di acara 'Forum Weekly' di Auditorium Gedung Sindo, Jakarta, Kamis 28 Juni 2018.

Selain mempertimbangkan aspek biaya, DEN juga mempertimbangkan sisi permintaan alias kebutuhan listrik dalam negeri. 

"Jadi pembangkit nuklir itu kalau sekali dibangun kan bisa 1.000-2.000 mw. Besar-besar. Nah kebutuhan kita apakah sama demikian. Kemudian bagaimana itu affordable, dipertimbangkan bagaimana harga listriknya," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daniel Mananta Belajar Sosok Ahok dari YouTube

Posted: 07 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kisah perjalanan hidup mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, diangkat ke layar lebar. Untuk memerankan tokoh Ahok, presenter Daniel Mananta yang memiliki wajah oriental  didapuk sebaga pemeran utama film berjudul A Man Called Ahok.  

Bukan perkara mudah buat Daniel Mananta memerankan seorang Ahok. Terlebih dalam kehidupan nyatanya, Ahok dikenal sangat lugas dan emosional. 

Oleh karenannya, untuk mendalami karakter Ahok, Daniel Mananta tak pernah luput untuk menonton YouTube. Terlebih banyak aksi heroiknya yang trending di media sosial. 

"Gue harus banyak menyelami karakter Ahok. Selama beberapa minggu sebelum syuting kita reading dan banyak sekali lihat YouTube Ahok. Bagaimana dia marah, bercanda, ketawa. Kebanyakan marahnya sih," kata Daniel Mananta ditemui saat jumpa pers peluncuran teaser film A Man Called Ahok di Matropole XXI, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

 

Penampilan

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Tak hanya melihat caranya berbicara dan beroarasi di depan orang banyak, Daniel Mananta juga mengikuti bagaimana penampilan keseharian Ahok, apa pakaian yang sering ia gunakan. Agar karakternya benar-benar bisa menyatu dengan Ahok.  

"Kita ambil referensi gaya beliau berbicara dan ketegasannya. Ada pelafalan yang harus saya hafalkan. Dikasih masukan lidahnya dikebelakangin sedikit. Tekniknya seperti itu yang saya pelajari banyak banget," kata Daniel Mananta. 

 

Dua Bulan

(Nurwahyunan/Bintang.com)

Selama dua bulan Daniel Mananta terus mencari tahu dan belajar menjadi sosok Ahok sebenarnya. Selama itu pula Daniel Mananta kerap bergaya layaknya seorang Ahok.  

"Gue mendalami banget. Hampir dua bulan gue sempat pakai kacamata terus, pakai pakaiannya seperti apa. Mengubah baju, pakai celana katun, kemeja dimasukin. Gue juga dengerin musik Mandarin," kata Daniel Mananta. 

Selain Daniel Mananta, sederet artis kenamaan Tanah Air juga ikut bermain dalam film A Man Called Ahok, seperti Denny Sumargo, Ferry Salim, Eriska Rein, Jill Gladys, Donny Damara dan masih banyak lagi. 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Lengkap Persib, 4 Laga Berat Menanti Sepanjang September

Posted: 07 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung akan menghadapi ujian berat September ini. Empat tim besar bakal mencoba menjegal Persib agar lengser dari singgasana klasemen kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak.

Pertandingan yang akan dihadapi Persib, di antaranya tiga laga di kandang menghadapi Arema FC (13/9/2018), Persija Jakarta (23/9/2018), dan Madura United (29/9/2018) serta satu pertandingan tandang melawan Borneo FC (17/9/2018).

Pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez, sadar betul anak asuhnya dituntut tampil ekstra dan konsisten dalam setiap pertandingan untuk mempertahankan posisi sebagai yang tertinggi.

Menyapu bersih tiga laga tandang melawan Arema FC, Persija Jakarta, Madura United dan tidak kehilangan angka ketika menghadapi Borneo FC menjadi target skuat Maung Bandung.

"Ini berat bagi kami tapi buat lawanpun sama karena mereka (Arema FC, Persija, Madura United) juga akan datang ke Gelora (Bandung Lautan Api) nanti setelahnya ada Persebaya dan Bali (United) kemudian Barito (Putera)."

"Itu penting buat kami karena semua tim itu akan datang (ke kandang Persib) dan kami ingin meraih kemenangan," katanya

Kunci Persib Raih Juara

Pemain Persib berlari saat latihan resmi jelang laga lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Stadion PTIK, Jakarta, Jumat (29/6). Persib akan melakoni laga tandang tunda melawan Persija, Sabtu (30/6). (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Gomez mengatakan tekanan sebagai pemuncak klasemen sangat besar. Tidak hanya harapan pendukung yang menginginkan tim kesayangannya meraih gelar juara namun motivasi tim lawan untuk mengalahkan Persib semakin tinggi.

Mantan asisten pelatih Inter Milan tersebut menegaskan kunci anak asuhnya bisa merealisasikan target meraih juara yaitu tampil habis-habisan setiap laga dan meraih kemenangan.

"Kuncinya menang. Hanya menang. Jika kamu kalah, kamu akan turun dan jika menang akan terus mempertahankan posisi di atas," katanya.

Jadwal Pertandingan Persib

Persib Bandung Vs Arema FC (13/9/2018)

Borneo FC Vs Persib Bandung (17/9/2018)

Persib Bandung Vs Persija Jakarta (23/9/2018)

Persib Bandung Vs Madura United (29/9/2018

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Ketua Tim Pemenangan Mengerucut ke Djoko Santoso

Posted: 07 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengatakan, Ketua Tim Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, mengerucut pada Djoko Santoso.

"Kita kelihatannya mengerucut ke Pak DJoko Santoso, sudah diajukan. Pak DJoko kan purnawirawan TNI," kata Sandiaga di kawasan Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018).

Alasan pemilihan Djoko Santoso, menurut Sandiaga, lantaran mantan Panglima TNI itu memiliki banyak jaringan.

"Beliau mantan Panglima TNI, punya jaringan, punya kepemimpinan, punya hubungan yang baik. Kita berharap juga Pak DJoko bisa membantu memfinalisasikan, dibantu sama lapisan kedua ketiga yang energetik," ucap Sandiaga.

Sandiaga menilai, sosok Djoko Santoso diterima oleh semua pimpinan partai politik koalisi Prabowo.

 

Diumumkan 20 September

Rencananya, Ketua Tim Pemenangan beserta anggotanya akan diumumkan pada 20 September mendatang.

"Ketua tim pemenangan dan seluruh anggota (pengumuman) tanggal 20 (September) jadi masih ada 12 hari lagi kita final kan," katanya.

Selain itu, Sandi memastikan, pemilihan Erick Tohir sebagai Ketua Tim Pemenangan Joko Widodo- Maruf Amin tidak mempengaruhi susunan tim pemenangan Prabowo-Sandiaga.

"Kita sudah fix, orang-orangnya sudah hampir fix. Lagi dilengkapi sekarang ada beberapa tambahan dari profesional," Sandiaga menegaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Polri Tidak Pernah Menutup Kasus Munir

Posted: 07 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabareskrim Polri Komjen Arief Sulistyanto menegaskan, pihaknya tidak pernah menutup kasus pembunuhan terhadap aktivis HAM, Munir Said Thalib.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP San Marino: Hujan Deras Bikin Rossi Khawatir

Posted: 07 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Cuaca buruk di Misano membuat Valentino Rossi mencemaskan penampilan dirinya di MotoGP San Marino, Minggu (9/9/2018). Dia yakin, perjuangannya saat balapan bakal dimulai dari nol.

Sejak hari pertama MotoGP San Marino, Jumat (7/9/2018), Misano diguyur hujan lebat. Bahkan, pada Jumat malam, hujan deras mengguyur Misano World Circuit Marco Simoncelli.

"Biasanya pada siang hari trek meningkat dan lebih baik untuk motor kami. Tetapi jika hujan deras seperti Jumat malam, Anda mulai dari nol," katanya, dikutip dari Crash.

Hujan deras pun dicemaskan Rossi. Menurutnya, balapan MotoGP San Marino bakal sulit diprediksi bila hujan turun.

"Jadi setelah hujan kemarin kita mulai dari nol. Sepertinya ramalan cuaca cukup buruk untuk besok pagi," ujar rider MotoGP asal Italia itu menambahkan.

 

 

 

 

Balapan Tak Sempurna

Motor Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha masih berada di paddock karena hujan deras yang mengguyur Sirkuit Silverstone jelang balapan MotoGP Inggris, Minggu (26/8/2018). Balapan dibatalkan karena cuaca buruk. (AP Photo/Rui Vieira)

Dengan cuaca buruk yang menghantui balapan MotoGP San Marino, Rossi tidak yakin bakal menemukan bentuk sempurna dari motornya. Dia berharap hujan tidak turun di hari Minggu.

"Saya pikir hari Minggu, lintasan tidak akan menjadi kondisi yang sempurna. Namun, hal yang sangat penting adalah, saya harap hari Minggu akan kering. Tahun lalu adalah hari yang sangat buruk, banyak air," ucapnya.

"Jadi kami berharap lintasan akan kering dan kami akan mencoba maksimal," kata mantan pembalap Honda dan Ducati tersebut.

 

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 201 poin

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 142 poin

3. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 129 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 113 poin

6. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 105 poin

7. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 104 poin

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 103 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 84 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 66 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 66 poin

12. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 57 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

17. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 22 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 17 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 11 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dukung Jokowi di Pilpres 2019, TGB dapat Penugasan Khusus?

Posted: 07 Sep 2018 09:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur NTB Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi telah terbuka menyatakan dukungan kepada Jokowi. Terkait kemungkinan TGB masuk dalam struktur Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Wakil Ketua TKN Arsul Sani mengatakan belum membahasnya.

Namun, dia memperkirakan TGB Zainul Majdi akan masuk di Dewan Pengarah atau di penugasan khusus.

"Nanti bisa di Dewan Pengarah atau juga nanti di penugasan khusus. Karena kalau kita lihat di TKN, ada teman-teman di penugasan khusus," ucap Arsul Sani di Rumah Aspirasi Jokowi-Ma'ruf, Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Dia menuturkan, penugasan khusus yang dimaksud adalah melakukan pendekatan kepada tokoh masyarakat atau tokoh agama, yang belum mendukung Jokowi.

"Kira-kira seperti itu. Tentu bersama-sama dengan Kiai Ma'ruf," jelas Arsul.

Menurut dia, nantinya TGB akan memiliki tugas yang berbeda dengan Deddy Mizwar.

"Kalau Pak Deddy Mizwar kan kami fungsikan lebih banyak sebagai jubir (juru bicara)," ungkap Arsul.

Saat ditanya peluang TGB menjadi Wakil Ketua TKN, Sekjen PPP itu menuturkan, masih menunggu pembahasan hari Senin atau Rabu. "Bisa juga. Nanti kami akan bahas hari Senin atau Rabu yang akan datang," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penemuan Kuburan Massal Korban Kekerasan Terkait Narkoba di Meksiko

Posted: 07 Sep 2018 09:08 PM PDT

Seorang peneliti bekerja di kuburan massal rahasia di negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Jasad-jasad itu diduga kuat sebagai korban perang antargeng narkoba serta kekerasan terkait meningkatnya ekskalasi akibat kasus korupsi. (AP/Felix Marquez)

Seorang peneliti bekerja di kuburan massal rahasia di negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Jasad-jasad itu diduga kuat sebagai korban perang antargeng narkoba serta kekerasan terkait meningkatnya ekskalasi akibat kasus korupsi. (AP/Felix Marquez)

Sebuah topi tergeletak di tanah dekat  kuburan massal rahasia yang ditemukan di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Dari jumlahnya, temuan kuburan massal di Veracruz ini merupakan salah satu yang terbesar di Meksiko (AP/Felix Marquez)

Sebuah topi tergeletak di tanah dekat kuburan massal rahasia yang ditemukan di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Dari jumlahnya, temuan kuburan massal di Veracruz ini merupakan salah satu yang terbesar di Meksiko (AP/Felix Marquez)

Pihak berwenang menutup area kuburan massal rahasia yang ditemukan di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Jaksa penuntut dari pengadilan Mekssiko menyebut penemuan tersebut berasal dari laporan seorang saksi. (AP/Felix Marquez)

Pihak berwenang menutup area kuburan massal rahasia yang ditemukan di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Jaksa penuntut dari pengadilan Mekssiko menyebut penemuan tersebut berasal dari laporan seorang saksi. (AP/Felix Marquez)

Polisi menutup daerah ditemukannya kuburan massal rahasia di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Jaksa Negara Bagian Veracruz, Jorge Winckler mengatakan mayat-mayat itu dikubur setidaknya sekitar dua tahun lalu. (AP/Felix Marquez)

Polisi menutup daerah ditemukannya kuburan massal rahasia di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Jaksa Negara Bagian Veracruz, Jorge Winckler mengatakan mayat-mayat itu dikubur setidaknya sekitar dua tahun lalu. (AP/Felix Marquez)

Polisi menutup daerah ditemukannya kuburan massal rahasia di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Veracruz merupakan ajang dari pertumpahan darah ketika pertempuran antara kartel narkoba Zetas dan Jalisco berkecamuk. (AP/Felix Marquez)

Polisi menutup daerah ditemukannya kuburan massal rahasia di Arbolillo, negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Veracruz merupakan ajang dari pertumpahan darah ketika pertempuran antara kartel narkoba Zetas dan Jalisco berkecamuk. (AP/Felix Marquez)

Sisa-sisa manusia ditempatkan di tas merah yang digali dari kuburan massal rahasia di negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Ini bukan yang pertama polisi mendapat informasi dari masyarakat terkait lokasi kuburan massal. (AP/Felix Marquez)

Sisa-sisa manusia ditempatkan di tas merah yang digali dari kuburan massal rahasia di negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Ini bukan yang pertama polisi mendapat informasi dari masyarakat terkait lokasi kuburan massal. (AP/Felix Marquez)

Peneliti melihat sisa-sisa manusia, yang ditempatkan di tas merah, di kuburan massal rahasia di negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Pada Maret 2017, penyelidik juga menemukan 253 tengkorak di sejumlah kuburan massal Veracruz. (AP/Felix Marquez)

Peneliti melihat sisa-sisa manusia, yang ditempatkan di tas merah, di kuburan massal rahasia di negara bagian Veracruz, Meksiko, Jumat (7/9). Pada Maret 2017, penyelidik juga menemukan 253 tengkorak di sejumlah kuburan massal Veracruz. (AP/Felix Marquez)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Nostalgia, Ini Hal yang Bikin Kangen Masa Kecil

Posted: 07 Sep 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memang mengenang masa kecil merupakan hal yang menyenangkan dan menimbulkan nostalgia. Sebelum teknologi mendominasi kehidupan, beragam benda dan aktivitas bisa menghibur hari-hari kita.

Seperti 12 hal ini misalnya, meskipun sederhana namun benda-benda ini bakal bikin kenangan masa kecil terngiang. Mulai dari wartel sampai es potong pasti menemani kehidupan anak-anak generasi 90 dan 80an.

Artikel tentang 12 hal yang bikin kangen masa kecil menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni 10 ide nyeleneh orang perbaiki barang rusak. Sementara artikel wajah bayi melepuhi dicium kerabat orangtua, menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 12 Hal Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Kangen Masa Kecil

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Bagi sebagian besar orang pasti merasa, masa kecil merupakan hal yang paling indah dan membahagiakan. Khususnya utnuk generasi 90an, sudah menjadi hal yang lumrah untuk bermain dan menikmati masa kecil tanpa adanya gawai.

Pastinya ada beragam kenangan yang sulit dilupakan saat masih kecil. Berikut ini merupakan sejumlah hal yang bakal bikin kamu kangen dan merasa nostalgia. Dirangkum dari berbagai sumber, ini momen saat masih kecil yang pasti gak akan terlupakan.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. 10 Ide Nyeleneh Orang Perbaiki Barang Rusak Ini Bikin Kita Enggak Habis Pikir

(Foto rangkuman dari berbagai sumber)

Saat barang rusak, sebagian orang mungkin menggantinya dengan barang baru. Tapi tak sedikit orang memilih untuk memperbaiki barang rusak bagaimanapun caranya. Ya kadang ada ide tak terduga yang muncul di kepala kita saat mengerjakan sesuatu, seperti halnya memperbaiki barang rusak.

Mulai dari menggunakan barang aneh, sampai diubah menjadi barang tak terduga. Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini merupakan ide kocak orang-orang saat betulin barang.

Selengkapnya..

3. Gara-Gara Dicium Kerabat Orangtua, Wajah dan Tubuh Bayi Ini Melepuh

(Foto: Mazne Aznan/Facebook)

Sudah menjadi tradisi keluarga di mana pun untuk mengunjungi saudara yang baru saja melahirkan. Meski begitu, kasus yang dialami seorang ibu ini mungkin menjadi pembelajaran untuk berhati-hati ketika sang buah hati melakukan kontak dengan orang lain.

Karena kondisi bayi yang lemah, hal ini membuat mereka lebih mudah terinfeksi virus dan bakteri. Jadi, memungkinkan bagi bayi mengidap penyakit yang dibawa dari orang dewasa ketika situasi menjenguk berlangsung.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Bus Lemhanas Terjun ke Jurang di Sukabumi

Posted: 07 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Sukabumi - Bus milik Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) bernomor polisi 1010-00 yang mengangkut belasan guru dari DKI Jakarta terjung ke jurang sedalam sekitar 100 meter di Tanjakan Cisarakan, Kampung Cisarakan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Informasi yang kami terima dari korban selamat, sebelum bus tersebut masuk ke jurang, sempat mengalami rem blong, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan kendaraannya," kata Danramil Palabuhanratu Kapten (Inf) Dudung Sumarna di Sukabumi, Sabtu (9/8/2018), dilansir Antara.

Akibatnya, bus langsung oleng dan terperosok ke jurang. Berdasarkan informasi, rencananya rombongan guru sekolah dasar (SD) tersebut akan berwisata ke objek wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Rombongan berangkat dari Jakarta Barat dan masuk Sukabumi sekitar pukul 22.00 WIB.

Diduga untuk mempersingkat waktu, rombongan guru SD itu memilih melalui jalur alternatif Cikidang-Palabuhanratu. Namun sekitar pukul 23.00 WIB, tepatnya di Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, bus tersebut mengalami rem blong.

Kepanikan mendadak sontak terjadi setelah penumpang terkejut dengan kondisi laju bus yang oleng. Sopir yang tidak bisa lagi mengendalikan kendaraannya akhirnya bus terperosok ke dalam jurang.

Akibat dari kecelakaan tunggal itu, seorang penumpang yang diketahui bernama Saeful Bahri (37) meninggal di lokasi, sementara belasan lainnya luka-luka. Korban yang semuanya berada di dalam jurang meminta tolong, dan tidak lama datang pengendara yang langsung memberikan pertolongan sekaligus menelepon aparat keamanan.

Tidak lama, petugas gabungan dari TNI, Polres Sukabumi, Tim SAR, relawan dan warga tiba di lokasi dan langsung mengevakuasi seluruh korban dari dalam jurang. Korban seluruhnya dibawah ke RSUD Palabuhanratu untuk mendapatkan penanganan dan perawatan medis.

"Sementara korban meninggal dibawa ke ruang jenazah, hingga kini kami masih melakukan pendataan dan meminta keterangan dari korban selamat," ucapnya.

Sementara, salah seorang korban selamat, Arsyad, mengatakan sebelum masuk ke jurang penumpang berteriak agar sopir mengerm laju kendaraannya. Namun, sopir menjawab dengan mengatakan rem bus blong dan akhirnya terperosok ke dalam jurang.

"Suasana saat itu mencekam, apalagi kami sempat beberapa saat berada di dalam jurang karena pas kejadian jalan sepi dari pengendara. Beruntung, ada pengendara yang lewat dan langsung memberikan pertolongan serta menelepon petugas," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kini Warga Lalan Nikmati Program BBM Satu Harga

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) kembali memfasilitasi berdirinya lembaga penyalur BBM Satu Harga di Kecamatan Lalan, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sebelumnya, masyarakat Desa Sukajadi Kecamatan Lalan harus menempuh jarak 55 km menuju SPBU terdekat untuk mendapatkan BBM.

Lembaga Penyalur SPBU Kompak 26.307.29 ini diresmikan langsung oleh Kepala Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas, Asa Fanshurullah bersama dengan Pjs. General Manager Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel Pertamina Hendrix Eko V dan Manager Retail Fuel Marketing Region II, Putut Andriatno, Sekretaris Daerah Dinas ESDM Sumatera Selatan, Ziron, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Yusman Srianto, dan Camat Lalan Ahmad Samsuri.

"Dengan hadirnya SPBU Kompak, masyarakat di Kecamatan Lalan dapat menikmati, menggunakan, dan memenuhi kebutuhan bahan bakar bagi kendaraannya dengan harga yang sama dengan di kota," papar Hendrix dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/9/2018).

Hendrix mengungkapkan, proses distribusi BBM ke SPBU Kompak ini tidak mudah karena harus menggunakan drum yang diangkut dengan tongkang yang disuplai dari Terminal BBM Kertapati Palembang.

"Pengirimannya pun membutuhkan waktu yang cukup lama, setidaknya 20 jam dari TBBM Kertapati menuju dermaga di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan. Kondisi cuaca dan pasang surut sungai juga menjadi pertimbangan kami, karena aspek keselamatan tetap menjadi prioritas," ungkap Hendrix.

SPBU Kompak 26.307.29 di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan ini menjadi peresmian Program BBM Satu Harga yang kedua di wilayah Sumbagsel sebelumnya pada 2017 diresmikan lembaga penyalur di  Desa Malakoni, Pulau Enggano. Untuk Sumbagsel, rencana ada total tiga titik yang akan diresmikan pada 2018, salah satunya di Desa Sukajadi Kecamatan Lalan ini.

"Kami memiliki tanggung jawab untuk memonitor seluruh titik penyalur BBM Satu Harga di Sumbagsel. Tentunya bagi yang sudah berjalan seperti di Enggano dan Lalan ini kami akan terus pastikan suplainya, dan bagi dua wilayah lainnya akan kami targetkan selesai tahun ini, sehingga total 4 titik di Sumbagsel seluruhnya akan selesai tahun ini," papar Hendrix.

 

Dua Lokasi Lainnya

Petugas mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). PT Pertamina (Persero) secara resmi menaikkan harga Pertamax Cs akibat terus meningkatnya harga minyak dunia. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Dua lokasi lainnya yang akan diresmikan pada tahun ini berada di daerah Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan dan daerah Suoh, Lampung.

Sesuai dengan Permen ESDM Nomor 136 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga JBT dan JBKP Secara Nasional, Pertamina ditargetkan mendirikan lembaga penyalur di 150 titik di seluruh Indonesia selama 3 tahun dari 2017 – 2019. Pada tahun 2017 ditargetkan 54 lokasi,  tahun 2018 sebanyak 67 lokasi dan 29 lokasi pada tahun 2019. 

Sementara itu, Kepala BPH Migas, Asa Fanshurullah, mengungkapkan harapannya dengan adanya SPBU Kompak di Desa Sukajadi, Kecamatan Lalan. "Program ini adalah program pusat, program Indonesia yang akan bermanfaat bagi rakyat. Mari kita jaga dan monitor bersama agar SPBU Kompak ini tepat sasaran penggunaannya," kata dia.

Fanshurullah menambahkan, SPBU Kompak adalah bentuk nyata keadilan bagi masyarakat. "Dahulu harga Premium di pengecer minimal harganya Rp 10.000, sekarang masyarakat bisa menikmati Premium dengan harga Rp 6.450, Solar Rp 5.150, dan Rp 8.000 untuk Pertalite dengan jaminan kualitas dan suplai yang lebih terjamin," pungkasnya.(Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rokok Elektrik Punya Risiko Kesehatan Lebih Rendah, Benarkah?

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komite Sains dan Teknologi Parlemen Inggris menerbitkan laporan tentang rokok elektrik atau vape dan produk tembakau yang dipanaskan bukan dibakar. Laporan bertajuk E-cigarettes menyimpulkan rokok elektrik berpotensi memiliki risiko kesehatan sekitar 95 persen lebih rendah daripada rokok konvensional.

Laporan rokok elektrik ini disusun selama lima bulan dengan melakukan peninjauan terhadap lebih dari 100 bukti ilmiah baik tertulis maupun lisan dari 25 ahli kesehatan dan pakar industri.

Dari laporan tersebut, Departemen Kesehatan Inggris menyatakan sikap terbaik yang dapat dilakukan perokok untuk menghindari penyakit terkait rokok adalah berhenti merokok.

Namun, bagi perokok yang memutuskan untuk tetap merokok, ada bukti ilmiah produk tembakau alternatif, seperti rokok elektrik punya risiko kesehatan yang lebih rendah.

Berdasarkan rilis yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Sabtu (8/9/2018), risiko kesehatan yang lebih rendah karena rokok tidak melalui proses pembakaran.

Menurut Pusat Kajian Tembakau dan Alkohol di Inggris, uap yang terkandung dalam produk tembakau alternatif sejauh ini belum terbukti memberikan dampak berbahaya bagi bukan perokok (non perokok).

Terkait laporan tersebut, Komite Sains dan Teknologi Parlemen Inggris menyampaikan saran ke pemerintah Inggris untuk membuat regulasi produk tembakau alternatif yang berbeda dan tidak seketat rokok.

Regulasi tersebut mencakup aturan perizinan, perolehan, periklanan, dan wilayah penggunaan di tempat umum. Tingkat pengenaan pajak atau cukai dari produk ini juga disarankan lebih rendah daripada rokok. Hal ini akan mendorong perokok untuk beralih ke produk tembakau alternatif (rokok elektrik).

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Perlu ditelaah

Bukan langkah mudah tangani regulasi rokok elektrik atau vape. (iStockphoto)

Menilik laporan Komite Sains dan Teknologi Parlemen Inggris, pengamat hukum dari Universitas Sahid Ariyo Bimmo  mengatakan seluruh pembuat kebijakan termasuk Indonesia perlu menelaah.

"Komite Sains dan Teknologi Parlemen Inggris telah memberikan contoh, bagaimana bukti ilmiah dapat mendorong pemerintah merumuskan suatu kebijakan yang proporsional bagi produk tembakau alternatif. Dengan demikian, produk ini memiliki kepastian hukum dan keadilan yang berdasarkan tinjauan dari berbagai bukti ilmiah," jelas Ariyo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Final AS Terbuka 2018, Djokovic Hadapi Raksasa Baik Hati

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Novak Djokovic mendeskripsikan Juan Martin del Potro sebagai raksasa yang baik hati jelang pertemuan keduanya pada final AS Terbuka 2018.

Djokovic dan Del Potro bakal berhadapan di Arthur Ashe Stadium, Minggu (9/9/2018), untuk memperebutkan gelar AS Terbuka usai mengalahkan lawan masing-masing.

Djokovic membungkam Kei Nishikori 6-3, 6-4, 6-2. Sedangkan Del Potro sedang unggul 7-6(3), 6-2, 0-0 sebelum Rafael Nadal mundur akibat cedera.

"Posturnya besar," kata Djokovic merujuk Del Potro yang memiliki tinggi 198 cm. "Tapi dia memiliki nilai baik dalam kehidupan. Dia peduli keluarga, teman, dan menghormati semua orang," sambungnya, dikutip AFP.

"Del Potro ibarat raksasa yang baik hati. Sebagai pemain, dia juga selalu berjuang memperebutkan angka. Del Potro membawa hal berbeda di tenis. Saya pikir itu juga yang membuat penggemar mencintainya."

Final nanti merupakan pertemuan mantan juara AS Terbuka.

Mantan Juara

Del Potro berjaya pada 2009. Itu adalah gelar Grand Slam satu-satunya petenis asal Argentina tersebut. Sedangkan Djokovic meraih kemenangan di 2011 dan 2015 serta memburu Grand Slam ke-14 sepanjang karier.

Statistik lain juga mendukung Djokovic. Dia unggul rekor pertemuan 14-4 melawan Del Potro. Namun, Djokovic tidak mau lengah.

"Del Potro sedang dalam performa terbaik selama 15 bulan terakhir," ujarnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vanesha Prescilla Ogah Digombalin Ala Dilan Lagi

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Vanesha Prescilla mulai dikenal saat berperan sebagai Milea dalam film Dilan 1990. Kini,Vanesha Presscilla tidak mau lagi di gombalin rayuan ala Dilan. 

Hal ini terjadi saat Indro Warkop yang memerankan tokoh Alien bernama pak Al, dalam film Gila Lu Ndro merayu Vanesha Prescilla. Saat itu, Indro Warkop yang menggunakan make up Alien sambil menuntun motor mengungkapkan gombalan ala Dilan.

"Kamu Vanesha ya? Kalau aku ramal….," ujar Indro. "Kenapa, kita bakal ketemu di kantin? Ah udah pernah di gombalin kayak gitu sama yang punya motor," balas Vanesha seperti dilihat dari video YouTube.

Namun, perbincangan antara Indro Warkop dan Vanesha Prescilla tersebut hanya terjadi dalam video berdurasi kurang lebih satu menit, untuk mempromosikan film Gila Lu Ndro yang akan tayang serentak di seluruh bioskop di Indonesia pada tanggal 13 September 2018.

 

Bahagia

Indro Warkop akan kembali menyapa penggemarnya dengan film komedi berjudul Gila Lu Ndro! (Deki Prayoga/Bintang.com)

Indro Warkop mengungkapkan kebahagiaannya, karena banyak artis muda yang mewakili kaum milenial mau membantu mempromosikan film Gila Lu Ndro. 

"Senang banget ya pastinya, karena banyak teman-teman artis muda yang bantu promosi film Gila Lu Ndro. Menurut saya, ini cara promosi yang baru. Dan menurut saya, Falcon selalu mempunyai ide-ide yang fresh untuk mempromosikan filmnya," ungkapnya.

 

Gombalan

Vanesha Prescilla (Nurwahyunan/bintang.com)

Kembali ke video Indro dengan Vanesha, di akhir video, Indro kembali melancarkan gombalan ala Dilan. Namun, kali ini sedikit di plesetkan. 

"Ngomong-ngomong, kamu cantik deh. Tapi aku belum mencintaimu. Nggak tau deh nanti kalau Bumi ketabrak Meteor," gombal Indro pada Vanesha.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buat Mahasiswa Peduli Pariwisata Indonesia, Yuk Aktifkan GenPI di Kampus!

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Generasi Pesona Indonesia (GenPI) bikin gebrakan lagi. Beberapa waktu lalu, Kids Zaman Now yang peduli dengan pariwisata ini 'nge-gas' ke Universitas Bandar Lampung dan Universitas Bunda Maria Jakarta. Sekarang, action GenPI Goes to Campus mulai menyentuh seluruh Poltekpar dan Sekolah Tinggi Pariwisata di bawah Kemenpar. Bali, Lombok, Palembang, Medan, Makassar, semua ikut disentuh.

Netizen milenial yang suka pariwisata, travelling, kulineran, nulis blog, fotografi, bikin video atau nge vlog, kembali diajak gabung di komunitas laskar digital pariwisata Indonesia tadi.

"Buat yang suka piknik, suka kulineran, suka foto atau jalan jalan ke destinasi wisata cocok banget gabung di sini. Genpi sifatnya relawan. Dan komunitas ini dibentuk oleh Kementerian Pariwisata RI," tutur Stafsus Menpar Bidang Komunikasi, Don Kardono, Jumat (7/9).

Kalau sudah gabung, lantas benefitnya apa? Serunya dimana? Asiknya kaya apa?

"Yang pertama, bakal punya temen banyak se Indonesia yang sehobi dan keren abiss. Anda juga bakal tahu informasi ter-update tentang pariwisata. Misalkan destinasi baru, kebijakan pemerintah dan event pariwisata Indonesia yang spekta banget. Dan yang lebih penting lagi, Anda bakal punya banyak kesempatan mengikuti berbagai macam program dan lomba yang hadiahnya tentu seru abis dan sayang untuk dilewatkan," tambah Don.

Pertanyaan yang sering muncul setelah itu, bagaimana cara membentuk Genpi di kampus-kampus? Di universitas yang belum ada GenPI?

"Langkah pertama, kumpulkan anak anak netizen. Mereka yang hari-harinya asyik bermedia sosial. Khususnya yang rajin memposting wisata alam, budaya, buatan, yang menjadi portofolio pariwisata. Mereka bisa Blogger, Vlogger, fotografer media kampus, reporter kampus, Travellers, Selebgram, atau siapa saja yang eksis di media sosial," ujar Don.

Langkah berikutnya, bikin group. Bisa di WA, bisa di Wechat, Telegram, atau aplikasi lain yang familiar buat semua member.

 

Stafsus Menpar Bidang Komunikasi, Don Kardono.

"Pilih sendiri koordinatornya, secara mufakat, kekeluargaan, karena kalau banyak campur tangan soal siapa koordinatornya malah tidak asyik," tambah Don.

Ketiga, invite kawan-kawan Genpi Nasional (GenpiNas), untuk bergabung di Group embrio Genpi itu. Mereka akan membantu mengarahkan, agar tidak salah setting sejak awal. Berikutnya, bikin akun official yang dikelola oleh tim GenPI kampus. Besarkan jumlah membership, perbanyak interaksi medsos, open recruitmen, perbanyak sharing melalui offline dan online.

"Setelah itu, siap-siap dilaunching sebagai GenPI kampus," ungkap Don.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Rizki Handayani Mustafa, ikut antusias. Dia menilai, kampus memiliki potensi besar untuk mengangkat pariwisata Indonesia.

"GenPI cocok dengan generasi milenial yang menjadikan wisata sebagai bagian dari gaya hidup. GenPI juga cocok bagi mahasiswa yang suka piknik, suka foto dan jalan-jalan ke destinasi wisata di Indonesia. Ini menjadi wadah yang pas untuk berkreasi," tutur wanita yang akrab disapa Kiki itu.

Kepala STP Bali Dewa Gede Ngurah Byomantara juga seirama. Dia ikut antusias mendukung terbentuknya GenPI STP Bali.

"Mengenal dunia digital saat ini menjadi keharusan. Untuk itu fokus pembelajaran di STP Bali juga kami giring ke arah digital. Dengan adanya GenPI, para siswa mendapat ilmu baru sekaligus membuka cakrawala. Kami ingin membangun jiwa interpreneur siswa. Dan semua itu bisa didapatkan di GenPI," tutur Byamontara. Endingnya, ada respon positif juga dari Menpar Arief Yahya.

"Saya sering menyebutnya 2C, yaitu Creative Value dan Commercial Value. Pertama, creatif dalam mengangkat tema-tema pariwisata di media sosial, dari soal desain, angel, pemilihan kata, interaktif di medsos, sampai mengemas event. Kuncinya, harus selalu fresh dan kekinian," tutur Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

Sementara poin keduanya, ada nilai komersial yang bermanfaat bagi setiap anggota komunitas maupun masyarakat sekitar.

"GenPI kan punya pasar-pasar kreatif yang instagramable dan selalu booming dimana-mana. Itu ada operational return dan non operational return yang bisa dibagi ke masyarakat dan GenPI sendiri," tambah Menpar.

Nah, bagi yang tertarik gabung GenPI, silakan join. Caranya gampang dan nggak bikin ribet. Tinggal klik genpi.co Kemudian carilah kanal 'Gabung GenPI' di sisi kanan atas laman. Setelah itu isi semua formulir data secara akurat, lalu klik 'Daftar Sekarang' atau 'Submit'.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Untuk Pertama Kalinya, 380 Ribu Kartu Kredit Pelanggan British Airways Diretas

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Kepala Eksekutif British Airways, Alex Cruz, mengeluarkan permohonan maaf kepada ratusan pelanggan maskapainya, setelah ada insiden peretasan data para penumpang. Data pribadi para pelanggan yang ada di kartu kredit mereka, dibobol hacker (peretas) dalam rentang waktu 2 minggu.

Demikian seperti dilaporkan oleh VOA Indonesia, Sabtu (8/9/20118).

Insiden tersebut adalah serangan peretasan terburuk terhadap situs web dan aplikasi milik maskapai penerbangan Inggris itu. British Airways --pada hari Rabu-- menemukan bahwa pemesanan tiket yang dilakukan antara 21 Agustus dan 5 September telah disusupi oleh peretas.

"Serangan siber ini sangat canggih dan berbahaya," kata Alex Cruz. Pihaknya pun segera menghubungi para pelanggan setelah mengetahui dampak dari peretasan itu.

Sekitar 380 ribu kartu kredit berada dalam bahaya, menurut laporan British Airways. Hacker berhasil mendapatkan data-data penting yang bisa dimanfaatkan untuk mencuri melalui akun kartu kredit, seperti nama pemilik kartu, alamat rumah dan alamat email, nomor kartu kredit, tanggal kadaluarsa, dan pin kartu kredit.

Serangan peretasan itu terjadi 15 bulan sejak maskapai tersebut mengalami kegagalan masif sistem komputer di bandara Heathrow, London, yang mengakibatkan 75 ribu penumpang tertahan saat liburan akhir pekan.

Kata Cruz, British Airways "amat menyesal" dengan gangguan ini, yang jarang sekali terjadi selama lebih dari 20 tahun maskapai itu beroperasi secara online.

Cruz mengatakan, peretas tidak berhasil menembus enkripsi perusahan, namun ia juga tidak menjelaskan bagaimana para penyerang bisa mendapatkan informasi para pelanggan dan kartu kredit mereka.

"Para pelanggan yang mengalami kerugian finansial akan diberi ganti rugi," kata Cruz. Meski demikian, Cruz tidak menyebutkan jenis ganti rugi yang akan diberikan kepada para korban.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: 

Investigasi

Pesawat Airbus A380 'superjumbo' milik maskapai British Airways (British Airways)

Pihak maskapai mengaku tengah melakukan investigasi terhadap kasus tersebut. Cruz meminta pada pelanggan yang terdampak untuk menghubungi pihak bank atau penyedia kartu kredit mereka.

"British Airways telah berkomunikasi dengan pelanggan dan kami menyarankan setiap pelanggan yang merasa terkena insiden ini untuk menghubungi penyedia kartu kredit atau bank, kemudian mengikuti saran yang diberikan," tutur Cruz.

Data yang dicuri tidak termasuk informasi detail paspor milik pengguna. Sejak 21 Agustus 2018 hingga 5 September 2018, data pribadi dan detail keuangan milik pelanggan yang memesan tiket di ba.com dan aplikasi British Airways telah diretas.

Saat ini, masalah peretasan telah diselesaikan dan laman web British Airways telah berjalan dengan normal.

Pencurian data tersebut merupakan salah satu kasus serius yang mengguncang perusahaan Inggris. Gara-gara hal ini pula, reputasi British Airways pun terdampak.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ridwan Kamil Ingin Warga Jawa Barat Bahagia

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan ia akan menyusun program yang membuat warga Jawa Barat akan lebih bahagia kedepannya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga iPhone 2018 Lebih Tinggi daripada Ekspektasi

Posted: 07 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga jual iPhone 2018 dinilai akan lebih tinggi daripada sejumlah prediksi selama ini.

Prediksi tersebut disampaikan dalam laporan unit sekuritas Bank of America, Merill Lynch.

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (7/9/2018), analis Merill Lynch, Wamsi Mohan, memperkirakan iPhone XS Max dengan layar berukuran 6,5 inci akan dijual lebih dari US$ 1.049 (setara dengan Rp 15,6 jutaan).

Adapun iPhone XS dibanderol US$ 999 (Rp 14,8 juta), sedangkan varian 6,1 inci dengan harga US$ 799 (Rp 11,9 juta).

Untuk tahun fiskal 2019, Mohan memperkirakan rata-rata harga jual iPhone sebesar US$ 815.

"Harga iPhone kemungkinan lebih tinggi daripada ekspektasi," tulis Mohan dalam laporan tersebut.

Apple sendiri dilaporkan akan mengumumkan tiga varian iPhone pada 12 September 2018.

Dua seri baru iPhone X disebut memiliki layar OLED, sedangkan yang satu lagi dengan LCD.

Kendati berbagai laporan tentang produknya terus bermunculan, pihak Apple tidak pernah mengomentarinya.

Perusahaan asal Negeri Paman Sam itu memang dikenal enggan mengomentari berbagai rumor dan prediksi tentang produk yang belum diumumkannya.

iPhone Terbaru Tak Akan Lagi Punya Touch ID?

Karyawan menunjukkan iPhone X dan iPhone 8 pada penjualan perdana di gerai iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). Calon pembeli rela antre untuk membeli iPhone terbaru sejak pagi hari. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lini iPhone 2018 dilaporkan akan hadir dalam tiga model berbeda, dan semuanya tidak akan memiliki fitur Touch ID. Sebagai gantinya, Apple membenamkan teknologi pengenalan wajah Face ID, sehingga ketiganya akan memiliki notch dan desain edge-to-edge seperti iPhone X.

Menurut analis terkemuka, Ming-Chi Kuo, Apple tidak berencana membawa kembali sensor sidik jari tersebut dalam waktu dekat ini. Itu artinya, Touch ID kemungkinan juga tidak akan ada pada lini iPhone 2019.

Sejauh ini, pihak Apple belum memberikan tanggapan soal kehadiran iPhone 2018. Namun, berdasarkan undangan yang disebarkan beberapa hari lalu, Apple akan mengumumkan tiga iPhone baru pada 12 September 2018.

Sensor Sidik Jari di Dalam Layar

Sebuah iPhone 8 terbaru dipajang di gerai  iBox, Central Park, Jakarta, Jumat (22/12). iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X dijual dengan harga 15 hingga 20 juta rupiah tergantung kapasitas memori. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Lebih lanjut, Kuo dalam catatan investornya menjelaskan bahwa adopsi sensor sidik jari di dalam layar akan meningkat 500 persen pada tahun depan. Pertumbuhan ini terjadi berkat manufaktur smartphone Android.

Menurutnya, teknologi pemindaian sidik jari akan terus berkembang. Pada tahap selanjutnya atau akhir, teknologi itu akan ada di seluruh bagian layar. Itu artinya, pengguna secara teknis bisa memindai sidik jari hanya dengan menyentuh layar di bagian mana pun. Saat ini, teknologi tersebut hanya bisa ditempatkan di bagian layar tertentu.

Samsung disebut akan menjadi perusahaan besar yang mengimplementasikan teknologi tersebut ke dalam layar melalui Galaxy S10 pada kuartal I 2019.

Perusahaan asal Negeri Ginseng itu belum berencana berinvestasi dalam teknologi penyensoran 3D untuk fitur pengenalan wajah yang lebih canggih. Perusahaan ingin fokus pada sensor sidik jari karena fitur itu dinilai lebih nyaman dan mudah digunakan.

Di sisi lain, Apple mengambil pendekatan berbeda karena saat ini tengah "bertaruh" dengan fitur Face ID. Namun, perusahaan kemungkinan tidak akan mengubah strateginya sampai teknologi sensor sidik jari di dalam layar benar-benar siap digunakan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Apple dinilai menunggu perusahaan-perusahaan lain membuat teknologi itu cukup andal untuk ponsel dan baru menerapkannya. Apple melakukannya karena ingin memastikan semuanya bekerja sesuai harapan.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Vivi Zubedi Kembali Melenggang di Panggung New York Fashion Week

Posted: 07 Sep 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal dengan gelaran fashion bergengsi dunia, New York Fashion Week (NYFW). Sebuah prestasi bagi desainer dapat membawa koleksinya melenggang di panggung ini. Salah satunya desainer asal Indonesia, Vivi zubedi yang kembali meramaikan panggung NYFW untuk ketiga kali, sebagai satu-satunya modest fashion brand yang mewakili dunia.

Setelah konsisten berturut-turut memperkenalkan kekayaan dan keindahan budaya Indonesia, kini Vivi Zubedi melebarkan sayapnya menyasar pasar ekspor dunia melalui produk Made in Indonesia yang siap bersaing di pasar global.

Pada kesempatan ini, Vivi Zubedi menghadirkan koleksi ready-to-wear nya yang bertema Marrakech. Terinspirasi dari keindahan kota tersebut, sang desainer, Vivi menuangkan idenya ke dalam balutan lintas budaya. Ia menggabungkan unsur keindahan kota Marrakech dengan keunikan siluet wayang yang berasal dari Indonesia ke dalam bentuk print melalui sentuhan floral dan warna musim panas.

Keseriusan Vivi dalam menjajal pasar global terlihat dari pengembangan produk dari brand Vivi Zubedi yang tidak hanya mengeluarkan ragam jenis busana dan abaya saja, namun juga meluncurkan tas, sepatu, aksesori, serta produk penunjang untuk beribadah seperti mukena, sajadah dan lainnya.

"Ini merupakan misi kami untuk menjadi brand mewah yang terjangkau di seluruh dunia dalam koleksi busana dan gaya hidup untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami dengan semangat dan komitmen," kata Vivi Zubedi CEO dan desainer dari VIVI ZUBEDI seperti pada rilis yang diterima Liputan6.com, Sabtu (8/9/2018).

 

Pengembangan produk di brand Vivi Zubedi

Desainer Indonesia, Vivi Zubedi kembali melenggang di panggung New York Fashion Week. (Foto: Dok. Vivi Zubedi)

Selama perjalanan dalam memperkenalkan produk Indonesia kepada dunia, terlihat bahwa komitmen Vivi mensejajarkan produk made in Indonesia dengan produk berskala internasional semakin nyata dengan konsistentensi hadir dipanggung luar yang juga diikuti oleh brand-brand ternama dunia lainnya. Selain itu Vivi selalu mengembangkan produk manufaktur Indonesia yang berstandar Internasional.

"Sekarang saatnya saya fokus meningkatkan manufaktur dalam sektor fesyen dan ekspor produk made in Indonesia. Hal ini dilakukan dengan memasuki pasar dunia melalui produk ready-to-wear yang siap diproduksi massal juga beberapa pengembangan produk yang mudah-mudahan dapat didistribusikan ke banyak negara di dunia. Tentu harapannya produk Indonesia juga mempunyai tempat dipasar global," tambah Vivi yang juga merupakan seorang akuntan.

 

Vivi Zubedi siap untuk ekspor ke pasar Global

Desainer Indonesia, Vivi Zubedi kembali melenggang di panggung New York Fashion Week. (Foto: Dok. Vivi Zubedi)

Untuk mewujudkanya, peluncuran koleksi dalam shownya kali ini Vivi tidak sekedar menampilkan hasil karyanya saja namun semua koleksi sudah siap untuk dijual ke pasar. Sistem see-now-buy-now merupakan sistem yang dipakai Vivi untuk memperlihatkan bahwa produk Made in Indonesia telah siap mendunia.

"Kita berlakukan sistem see-now-buy-now khusus pada peluncuran kali ini. Pertama, sebagai bentuk langkah nyata terhadap kegiatan ekspor massal yang ingin kami capai dan yang kedua, perkenalan produk perdana monogram VIVI ZUBEDI sebagai bentuk transformasi memasuki tahun kedelapannya berada di industri modest fesyen ini" tutup Vivi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Icardi Merasa Aneh Argentina Tanpa Lionel Messi

Posted: 07 Sep 2018 08:57 PM PDT

Liputan6.com, Buenos Aires - Bintang Barcelona Lionel Messi dipastikan tidak akan ambil bagian dalam rangkaian laga uji coba timnas Argentina. Absennya langganan juara Ballon D'Or itu membuat pemain Albiceleste lainnya, Mauro Icardi, merasa aneh.

Sejak menjalani debutnya pada 2005 lalu, nama Lionel Messi hampir selalu menghiasi skuat timnas Argentina dalam berbagai ajang. Bahkan walau umurnya sudah menginjak angka 31 tahun, ia masih tetap dipercaya sebagai tumpuan pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Namun baru-baru ini, Lionel Messi dipastikan tidak akan memperkuat timnas Argentina dalam laga uji coba kontra Guatemala dan Kolombia. Hal ini membuat publik ragu dengan masa depan sang penyerang bersama Albiceleste.

Timnas Argentina dijadwalkan menghadapi Guatamela pada Sabtu (8/9/2018). Tiga hari kemudian, tim Tango bakal ditantang Kolombia.

Langka

Lionel Messi mengontrol bola pada sesi latihan bersama timnas Argentina di Buenos Aires, Argentina, Rabu (23/5). Argentina mempersiapkan diri menghadapi pertandingan persahabatan melawan Haiti pada 29 Mei menjelang Piala Dunia 2018. (AP/Victor R. Caivano)

Icardi pun merasa aneh tidak melihat Lionel Messi di sesi latihan Argentina kali ini. Tetapi, ia cukup maklum jika pemain yang dibesarkan Barcelona itu butuh waktu pasca kegagalan kemarin.

"Tidak melihat Messi bermain untuk Argentina itu langka, dan aneh bagi penggemar," ujar Icardi kepada TyC Sports.

"Dia adalah yang terbaik di dunia, tetapi benar bahwa dia membutuhkan waktu setelah Piala Dunia," lanjutnya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertemu di Acara Pernikahan, Sandiaga Uno dan Erick Thohir Berpelukan

Posted: 07 Sep 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno berpelukan dengan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin, Erick Thohir, pagi ini. 
 
Sandiaga dan Erick Thohir bertemu di acara akad nikah putra Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. Saat itu, Erick baru saja keluar dari lokasi akad, rumah dinas Bambang Soesatyo, di Jalan Widya Chandra III, Jakarta, Sabtu (8/9/2018). Di waktu yang sama, Sandiaga tiba di lokasi.
 
Erick yang mengenakan kemeja biru tua langsung menyambut dan memeluk hangat Sandiaga yang mengenakan baju batik ungu dan peci warna hitam. Keduanya tersenyum.
 
Sandiaga dan Erick Thohir merupakan pebisnis dan memiliki hubungan persahabatan. Namun di Pilpres 2019, keduanya berpisah jalan. Sandiaga menjadi calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto, yang menjadi lawan Jokowi, sementara Erick memimpin tim pemenangan Jokowi.  
 
Meski berseberangan, Sandiaga menyebut persahabatan antara dirinya dan Erick abadi.
 
"Pertama, pertemanan kita abadi, jadi itu enggak ada yang harus diragukan. Kedua, saya belum bisa berkomentar karena saya belum bicara sama Beliau dan saya pasti akan meminta waktu untuk bertemu Beliau," ucap Sandiaga.
 
Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Folger Resmi Jadi Pembalap Penguji Yamaha

Posted: 07 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jonas Folger ditetapkan sebagai pembalap penguji M1 tim Movistar Yamaha untuk tahun depan. Konfirmasi ini disampaikan langsung Direktur tim Garpu Tala, Massimo Meregalli.

Folger bukan pembalap kacangan. Dia sempat membela tim satelit Yamaha bersama Tech3 pada tahun lalu. Namun perjalanan kariernya berlangsung singkat setelah dia didiagnosis dengan mengalami sindrom Gilbert, yang memaksanya harus meninggalkan dunia balap motor untuk sementara.

Kendati demikian, Folger akhirnya kembali ke lintasan balap pada Juni lalu. Saat itu dia dipercaya menguji motor tim Kalex di kelas Moto2 yang rencananya akan diperkenalkan pada tahun depan.

Kembalinya Folger ke dunia balap memunculkan spekulasi yang menyatakan bahwa tim Yamaha dan KTM tertarik untuk mengambil peran penguji tes untuk tahun depan. Pembalap Jerman itu pun mengikuti tes pribadi bersama Yamaha di Aragon pekan lalu.

Meski Folger tidak mengendarai M1 Yamaha, namun Meregalli mengklaim jika pada dasarnya tim tidak perlu membuat pengumuman apa pun, karena keberadaan pembalap berusia 25 tahun pada tes di Aragon sudah menjawab semuanya.

"Kami telah memintanya untuk bergabung pada tes di Aragon karena Folger perlu belajar dan mendengarkan apa komentar pembalap tentang motor," kata Meregalli dikutip dari laman resmi Yamaha, Sabtu (8/9/2018).

 

Didukung Rossi

Mengenai siapa pembalap penguji M1 Yamaha sebenarnya sudah diutarakan Valentino Rossi di bulan lalu. Saat itu dia merasa senang dengan Folger yang dianggapnya tepat sebagai pembalap penguji ketimbang kandidat lainnya.

Membentuk tim penguji MotoGP memang merupakan permintaan khusus dari Rossi kepada Yamaha. Tuntutan tersebut bahkan sudah disuarakan The Doctor sejak dua tahun lalu. Pabrikan asal Jepang tersebut diminta membentuk tim penguji yang berbasis di Eropa.

Kini, siapa pembalap penguji tim Yamaha tahun depan sudah terang benderang. Sekarang pabrikan Jepang tinggal fokus untuk menyiapkan kuda besi yang cocok untuk dikendarai Folger agar dapat memberikan umpan balik yang bagus.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Devisa, Pemerintah Usul Hapus Aturan Pungutan Ekspor Sawit

Posted: 07 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mengusulkan kepada pemerintah untuk menghapus pungutan ekspor kelapa sawit dan produk turunannya. 

Ekonom INDEF, Bhima Yudistira mengatakan, penghapusan ini diusulkan karena memiliki potensi penambahan devisa negara.

"Karena devisa dari ekspor kelapa sawit ini penyumbang devisa paling tinggi. Jadi pungutan USD 50 per ton minyak sawit dan USD 30 per ton untuk produk turunannya itu dihapus saja," kata Bhima di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (8/9/2018).

Di kesempatan yang sama, dalam rangka mengurangi defisit neraca transaksi berjalan dan perdagangan, pemerintah harus konsiten mengurangi impor bahan bakar minyak (BBM).

Bhima mencatat, saat ini impor BBM menjadi penyumbang kebutuhan dolar Amerika Serikat paling besar. Dengan demikian dengan mampu mengurangi impor diharapkan mampu menekan defisit transaksi berjalan dan perdagangan yang akan membantu penguatan rupiah.

"B20 sudah cukup baik. Ketergantungan minyak harus dikurangi dengan mempercepat konversi gas dan percepat peningkatan penggunaan energi baru terbarukan," Bhima menambahkan.

Seperti diketahui, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mampu menguat menjelang akhir pekan ini. Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), rupiah menguat tujuh poin ke posisi 14.884 per dolar AS pada 7 September 2018 dari periode Kamis 6 September 2018 di kisaran 14.891 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan data Bloomberg,rupiah menguat ke posisi 14.820 per dolar AS. Bahkan saat pembukaan, rupiah menguat 25 poin dari 14.893 pada penutupan kemarin ke posisi 14.868 per dolar AS. Rupiah pun bergerak di kisaran 14.820-14.907 per dolar AS sepanjang Jumat pekan ini. (Yas)

Rupiah Menguat, Bos BI Apresiasi Pemerintah dan Pengusaha

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (kanan) bersama Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat rapat kerja dengan Banggar DPR, Jakarta, Selasa (4/9). Rapat kerja membahas penyampaian pokok-pokok RUU APBN 2019. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sebelumnya, rupiah kembali menguat dan mulai menjauh dari level 15.000 per dolar AS dalam dua hari ini. Mengutip data Bloomberg, pagi ini rupiah dibuka di 14.868 per dolar AS atau menguat dibanding penutupan perdagangan kemarin di 14.893 per dolar AS.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengungkapkan penguatan rupiah tidak bisa lepas dari peranan pemerintah dan para pengusaha.

Pemerintah selama ini terus berupaya mengeluarkan beberapa kebijakan untuk mendukung penguatan nilai tukar rupiah.

"Saya tentu apresiasi kepada pemerintah yang telah dan akan terus mekakukan langkah-langkah konkrit untuk menurunkan defisit transaksi berjalan (CAD). Saya garisbawahi konkrit karena memang sejumlah langkah telah dan akan terus dilakukan," ujarnya.

Beberapa langkah tersebut diantaranya adalah penerbitan kebijakan baru dimana pemerintah mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 66 Tahun 2018 yang mengatur pemberian insentif pada minyak kelapa sawit (biodiesel) yang dicampur seluruh jenis solar, untuk menjalankan program campuran 20 persen Biodiesel dengan solar (B20).

Hal tersebut bertujuan untuk menyehatkan defisit transaksi berjalan atau Current Account Defisit (CAD) sebab dapat menekan impor.

Selain itu, pemerintah juga baru saja mengeluarkan Petaturan Menteri Keuangan (PMK) yang resmi merevisi naik tarif Pajak Penghasilan (PPh) 22 untuk 1.147 barang impor.

Pengenaan tarif ini dikelompokkan menjadi tiga bagian pos tarif sesuai dengan tingkat kepentingan barang di dalam negeri.

"B20 kan sudah implementasi terus kemarin bu menkeu (Sri Mulyani) sudah mengumumkan mengenai PPh impor," ujarnya.

Selain itu, Perry juga menegaskan bahwa sektor pariwisata juga telah memberi sumbangsih bagi penguatan cadangan devisa sehingga membantu penguatan rupiah.

"Langkah ini saya meyakini bahwa defisit CAD akan menurun tidak hanya tahun ini tapi juga tahun depan akan turun signifikan. Dan karena itu juga akan mendukung stabilitas nilai tukar rupiah." kata dia

Selain itu, Perry juga mengapresiasi para pengusaha yang telah menukar valuta asing (valas) yang mereka miliki.

"Juga apresiasi para pengusaha yang mempunyai devisa khususnya valas dan menjual valasnya, itu menambah supplai di pasar sehingga dua hari ini supplai demmand terus berlangsung dan itu juga bagian penting mengenai pergerakan nilai tukar yang stabil dan hari ini menguat." kata Perry.

Dia juga menegaskan BI akan terus berkomitmen menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan melakukan intervensi pasar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Panitia ICC: Jose Mourinho Banyak Permintaan

Posted: 07 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Penyelenggara International Champions Cup (ICC), Charlie Stillitano menikmati hubungannya dengan manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho. Namun, Stillitano mengakui dirinya banyak mendapat siksaan dari Mourinho.

Sepanjang gelaran ICC 2018, Jose Mourinho memimpin MU melakukan tur pramusim di Amerika Serikat selama Juli lalu. Namun, Mourinho mengeluh dengan banyaknya pemain MU yang absen lantaran jadwal ICC yang tak disesuaikan dengan Piala Dunia 2018.

"Ya, kami saling bertukar kata-kata kasar. Namun, dia pria yang baik kepada kami. Saya lebih memahami dia dari apa yang sudah saya katakan," kata Sillitano, dikutip dari ESPN.

Yang membuat Sillitano merasa disiksa Mourinho adalah permintaan manajer asal Portugal itu yang merepotkan. Ya, Mourinho meminta banyak fasilitas untuk latihan pemain MU.

"Jose Mourinho ingin memastikan semuanya sempurna di fasilitas latihan. Tidak hanya dia, banyak manajer yang menyiksa saya," ujarnya menegaskan.

Mourinho Stres

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho bersalaman dengan gelandang Paul Pogba usai pertandingan melawan Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, (27/8). MU kalah telak atas tottenham 3-0. (AFP Photo/Oli Scarff)

Sillitano juga mengatakan, Mourinho stres sepanjang ICC 2018 di Amerika Serikat. Terlebih lagi, saat MU menghadapi Liverpool.

"Saya mengerti manajer, dia frustrasi. Ini adalah pertandingan yang sulit (melawan Liverpool). Sebanyak 100.000 orang di sana untuk melihat anda kalah dari rival terbesar anda."

"Jose telah menjadi salah satu manajer, mungkin manajer terbaik. Dia dan Sir Alex Ferguson mendorong turnamen ini ke tingkat yang baru. Saya tidak memiliki apa pun kecuali kekaguman untuknya dan apa yang dia lakukan," ujar Sillitano.

 

Ubah Format

Akibat mendapat keluhan dari Mourinho, Sillitano akan mengubah format ICC 2019.

"Kami sedang mencari untuk mengubah format tahun depan tetapi itu sedikit sulit. Kita mungkin mengubah format, tapi itu bukan tahun Piala Dunia, semua orang bersemangat untuk datang dan saya tidak berpikir kita akan memiliki masalah yang sama," tutup Stillitano.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pelatih Paskibra, Yama Carlos Ikut Berjemur Panasnya Matahari

Posted: 07 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yama Carlos kembali menunjukan kemampuan aktingnya  dalam film terbaru berjudul Siap Gan!. Dalam film garapan sutradara Ody Harahap ini,  Yama Carlos berperan sebagai seorang anggota TNI bernama Langga yang melatih pasukan pengibar bendera (paskibra). 

Buat Yama Carlos, bukan perkara mudah untuk memerankan peran tersebut. Terlebih saat syuting di Surabaya, cuacanya amat tidak bersahabat lantaran teriknya matahari yang sangat menyengat kulit. 

"Surabaya kan panas. Apalagi scene-scene saya hampir setiap hari di jemur di lapangan terus. Itu syuting dari pagi, siang bolong sampai pengin magrib. Itu tingkat kesulitannya," ujar Yama Carlos saat screening film Siap Gan! di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018).

Selain disengat teriknya matahari Surabaya, Yama Carlos juga harus ikut baris berbaris. Ia juga hurus berkonsentrasi dalam memerintahkan gerakan paskibra yang benar agar sesuai dengan komandonya.

"Saya juga ikut baris juga. Saya harus paham tentang paskibra. Di scene terakhir saya juga ikut baris-berbaris," ujar Yama. 

 

 

Tegas

Preskon Film Siap Gan (Deki Prayoga/bintang.com)

Yama Carlos juga harus tegas dalam aktingnya. Sebab ia harus bisa mengatur anak didiknya dengan baik, agar bisa serius dalam mengajarkan anak didiknya baris-berbaris. Meski banyak sulitnya, namun Yama Carlos menikmati setiap proses syuting film Siap Gan!. 

"Harus memerintahkan anak didik supaya bisa diatur. Tapi meski sulit tapi semuanya dinikmati," kata Yama Carlos. 

 

Film

Preskon Film Siap Gan (Deki Prayoga/bintang.com)

Film Siap Gan! Mengisahkan tentang sosok  remaja putus sekolah bernama Nina yang diperankan Rini Mentari yang mengadu nasib di Surabaya. Ia terpaksa menjadi pekerja seks komersial (psk) mengikuti jejak temannya bernama Vivi.  

Belum sempat menjajakan diri, ia dikejar petugas keamanan yang bertugas mengamankan para psk. Secara tak sengaja, dalam pengejarannya Nina masuk dalam pusat pelatihan paskibra. Dari situlah konfil dimulai. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tetap Punya Uang Walau Penghasilan Tak Tetap

Posted: 07 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perencana keuangan, Safir Senduk, memberikan berbagai kiat dan tips agak tetap mempunyai uang walau memiliki penghasilan yang tak tetap.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: The Green Spine, Bangunan Tertinggi di Australia yang Berhasil Kalahkan Q1

Posted: 07 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta The Green Spine, sebuah proyek yang dirancang oleh arsitek UNStudio dan Cox Architecture berhasil memenangkan kompetisi Southbank by Beulah. Dengan perkiraan ketinggian 356.2 meter, gedung ini mengalahkan ketinggian Q1 di Australia setinggi 322.5 meter.

Tak heran, kini bangunan ini menjadi salah satu bangunan tertinggi di Australia, bahkan mengalahkan gedung tertinggi di belahan bumi selatan. Artikel ini berhasil masuk dalam jajaran top 3 artikel di kanal Lifestyle Liputan6.com pada hari Sabtu (8/9/2018) pagi bersama dengan dua berita lainnya. Yuk kita simak artikel selanjutnya.

The Green Spine, Bangunan Tertinggi di Australia yang Berhasil Kalahkan Q1

Gedung pencakar langit baru di Melbourne ditetapkan menjadi gedung tertinggi di Australia dengan ketinggian mencapai 356,2 meter. Bangunan Q1 di Gold Coast saat ini mungkin adalah bangunan tertinggi di Australia, namun akan segera terlempar dari posisi teratas berkat gedung pencakar langit terbaru di Melbourne. Penasaran seperti apa? Yuk kita simak artikel lengkapnya di sini.

Pariwisata Indonesia Tumbuh 6 Persen di Tingkat Global

Kementerian Pariwisata baru saja menggelar Sosialisasi Promosi Pariwisata Mancanegara pada Media Nasional. Acara yang digelar di Bali, 5-7 September 2018 tersebut turut dihadiri Forum Wartawan Pariwisata. (Foto: Ahmda Ibo/ Liputan6.com)

Kementerian Pariwisata baru saja menggelar Sosialisasi Promosi Pariwisata Mancanegara pada Media Nasional. Acara yang digelar di Bali, 5-7 September 2018 tersebut turut dihadiri Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar).

Vincentius Djemadu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisatadalam pertemuan tersebut mengatakan, pariwisata Indonesia terus membidik wisatawan mancanegara untuk meningkatkan kunjungan wisatanya ke Indonesia. Simak berita selengkapnya di sini.

Setelah Bulu Tangkis dan Wushu, Kini Giliran Atlet Tenis dapat Jam Tangan Mewah

Prestasi membanggakan, para atlet terus dibanjiri hadiah. Kini giliran atlet tenis mendapatkan hadiah jam tangan mewah.

Semarak pesta olahraga Asian Games 2018 tampaknya belum surut. Hingga kini, ragam hadiah atas pencapaian prestasi para atlet Indonesia masih terus berdatangan.

Setelah atlet bulu tangkis yang mendapatkan banyak hadiah, disusul dengan Lindswell Cs dari cabang olahraga wushu yang juga menyabet ragam apresiasi, kini giliran atlettenis Aldila Sujiadi dan Christopher Rungkat yang menerima hadiah jam tangan mewah TAG Heuer dari Time International. Simak berita selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditahan Polandia, Bonucci Soroti Kelemahan Timnas Italia

Posted: 07 Sep 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Leonardo Bonucci menyebut timnas Italia bermain terlalu terburu-buru di laga perdana UEFA Nations League kontra Polandia. Bermain di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna, Sabtu (8/9/2018) dini hari WIB, kedua tim bermain imbang 1-1.

Dalam laga ini, timnas Italia harus tertinggal lebih dulu setelah Piotr Zielinski membobol gawang Gianluigi Donnarumma pada menit ke-40. Keunggulan tim tamu bertahan hingga turun minum.

Gli Azzurri terhindar dari kekalahan setelah Jorginho sukses mengeksekusi hadiah penalti menjadi gol di menit ke-78. Penalti diberikan wasit Felix Zwayer setelah Federico Chiesa dilanggar Jakub Blaszczykowski di kotak terlarang.

Secara khusus, Bonucci menyoroti seringnya timnas Italia melakukan kesalahan saat melepaskan umpan sehingga membuat Polandia mendapat kesempatan melancarkan serangan balik.z

Tidak Akurat

Bek Timnas Italia Leonardo Bonucci (kiri) merayakan gol ke gawang Prancis bersama Rolando Mandragora pada laga uji coba di Allianz Riviera, Jumat (1/6/2018). (AP Photo/Claude Paris)

"Ada penyesalan terkait jumlah kesalahan umpan yang kami lakukan, jelas kami harus lebih tenang dan itu juga berlaku bagi kami para bek," ujar Bonucci kepada Rai Sport.

"Kami tak bermain dari belakang secara akurat dan itu membuat Polandia mampu menciptakan beberapa kali serangan balik berbahaya," tambah bek berusia 31 tahun itu.

Terlalu Terburu-buru

Lebih lanjut, Bonucci juga menyebut hasil imbang ini didapat Italia karena mereka terlalu terburu-buru mencoba menampilkan performa mengesankan dalam laga perdana yang digelar di kandang sendiri.

"Ketika saya mengatakan bahwa kami membuat kesalahan teknis, itu karena keinginan kami yang berlebihan untuk membuat langkah yang penting atau mengesankan," imbuh Bonucci.

"Kami harus mengurangi bermain terlalu terburu-buru dan sangat ingin untuk membuat perbedaan," pungkas bek Juventus itu.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Teknologi Makin Berkembang, Pengelolaan Sumber Daya Air Butuh Inovasi

Posted: 07 Sep 2018 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Medan - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menegaskan, pentingnya melakukan lompatan dalam sektor yang sedang ditekuni, salah satunya pengelolaan sumber daya air. Ini tentunya sejalan dengan dukungan akses teknologi yang kian masif.

"Kita butuh lompatan-lompatan untuk mengejar ketertinggalan kita. Begitu juga dengan HATHI, HUT ke-35 ini harus penuh dengan lompatan yang sejalan dengan perkembangan teknologi," tutur dia pada acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) di Universitas Sumatera Utara, Medan, seperti ditulis Sabtu (8/9/2018).

Dia menambahkan, inovasi untuk sumber daya air (SDA) tidak kalah penting untuk dicari. Ia berharap HATHI dapat melalukan terobosan-terobosan baru di bidang itu.

"Kita harus cari trigger yang bisa menyegarkan diri untuk lompatan-lompatan dalam rangka pengelolaan sumber daya air. Ini supaya memenuhi regulasi yang berkembang agar bisa menggunakan teknologi saat ini," ujar dia.

Dalam acara ini, hadir pula Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi, Pemerintah Sumatera Utara dan Rektor Universitas Sumatera Utara untuk mendukung keberlangsungan agenda tahunan HATHI tersebut.

Sementara itu, Ketua I Bidang Pengembangan Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga HATHI, Lolly Martina mengatakan, hasil akhir mahasiswa kini tidak hanya menjadi sarjana namun juga perlu dibekali ilmu praktis setelah lulus.

"Outputnya jadi tidak hanya berorientas kepada akademik saja atau jadi sarjana saja tapi bagaimana mereka ini kemudian punya capability ilmu praktis setelah lulus nanti terutama melakukan inovasi dalam bidang teknologi," paparnya.

PIT HATHI ini akan berlangsung selama 3 hari mulai 7 September - 9 September 2018 di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan,  Sumatera Utara. Pada PIT HATHI ke-35 ini, akan ada ada 171 makalah ilmiah yang akan dipresentasikan. 

Adapun tema yang diambil pada PIT HATHI kali ini ialah Pengelolaan Sumber Daya Air (SDA) Terpadu Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim Ekstrem dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Era Digital dengan sub-tema meliputi perubahan iklim, percepatan pembangunan infrastruktur, dan pengelolaan daerah aliran sungai. 

 

Kementerian PUPR Imbau Masyarakat Palembang Jaga Kebersihan Sungai

Kementerian PUPR bangun infrastruktur pengendali banjir di Sungai Musi (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) membangun infrastruktur pengendali banjir di Palembang untuk mengurangi banjir akibat melimpasnya Sungai Bendung yang bermuara di Sungai Musi. 

Sungai Bendung tercatat sering melimpas dan mengakibatkan genangan seluas 285 hektar karena pada saat musim hujan terjadi arus balik (backwater) dari Sungai Musi.

Dalam peninjauannya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan, pendekatan non-struktural seperti kebiasaan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai juga berperan penting dalam pengurangan risiko banjir. 

"BBWS sebagai water manager harus bertindak apabila ada orang yang buang sampah sembarangan ke sungai. Upaya lainnya setidaknya dengan menyediakan tempat sampah di pinggiran sungai," tegas dia dalam keterangan tertulis, Kamis 30 Agustus 2018.

Untuk mengatasi masalah sampah di Sungai Bendung, Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII, Ditjen Sumber Daya Air, akan melibatkan pihak TNI untuk mewujudkan Sungai Bendung yang bersih dari sampah. 

Sementara itu, upaya mengurangi banjir dilakukan dengan cara mempercepat aliran Sungai Bendung dengan normalisasi kali dan pembangunan pompa banjir di Hilir Sungai Bendung yang dilengkapi dengan kolam retensi dan pintu air otomatis yang dikerjakan oleh BBWS Sumatera VIII. Normalisasi Sungai Bendung dilakukan sepanjang 5,5 Km melalui perkuatan tebing sungai.

Kolam retensi yang dibangun di muara Sungai Bendung seluas 1 hektar dengan kapasitas 50.000 m3 digunakan sebagai tampungan air pada musim hujan. 

Kolam dilengkapi enam pompa berkapasitas masing-masing 6 ribu liter per detik dan bangunan rumah pompa dan genset. Fungsi pompa banjir ini adalah memompa air dari Sungai Bendung menuju Sungai Musi pada saat tinggi muka air Sungai Musi lebih tinggi dari Sungai Bendung. 

Lokasi pembangunan kolam dan pompa pengendali banjir berada di Jalan Aligatmir, Kecamatan Ilir Timur III, Kota Palembang.

Dengan berbagai upaya struktural (pembangunan fisik) tersebut diharapkan mengurangi risiko banjir akibat luapan Sungai Bendung. 

Selain itu, ada normalisasi, pembangunan kolam retensi dan stasiun pompa, luas genangan eksisting banjir dari sekitar 285 hektar akan berkurang menjadi 46 ha.

Lama waktu genangan juga lebih singkat dari 16 jam dengan ketinggian genangan 30-70 cm, menjadi 3 jam dengan tinggi genangan 10-20 cm (banjir yang dapat tereduksi 84 persen).

Pekerjaan pembangunan pompa tersebut dilakukan oleh PT SAC Nusantara-PT Basuki Rahmanta Putra lewat Kerjasama Operasi (KSO) dengan nilai kontrak Rp 239,98 miliar melalui sistem tahun jamak selama empat tahun anggaran sejak 2015 dan akan selesai akhir 2018.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Erick Tohir, Sandiaga: Pertemanan Kita Abadi

Posted: 07 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno angkat bicara mengenai pemilihan Erick Tohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin.

Sandiaga menyebut, meski saat ini bersebrangan namun persahabatan antara dirinya dengan Erick abadi.

"Pertama pertemanan kita abadi, jadi itu nggak ada yang harus diragukan. Kedua, saya belum bisa berkomentar karena saya belum bicara sama beliau dan saya pasti akan meminta waktu untuk bertemu beliau," kata Sandiaga di Lapangan Basket Kementerian Pemuda dan Olahraga, Jakarta Pusat, Sabtu (8/9/2018).

Ketiga, dia menambahkan, "Saya sampaikan kemarin, berdasarkan pembicaraan kita sebelumnya, waktu nama dia mengemukakan, saya sempat selamatin 'selamat ya', 'nggaklah kalau bisa orang lain'."

Sandiaga mengaku naif saat percaya pengakuan Erick mau fokus jadi pengusaha saja. Padahal, bila yang meminta Presiden, ucap Sandiaga, Erick tak bisa menolak.

"Saya naif, kalau yang nyuruh Presiden apa bisa bilang engga gitu, kan nggak mungkin," kata Sandi.

Meski belum bertemu dan mengobrol dengan Erick Tohir, Sandiaga mengaku sudah memberi ucapan selamat pada Erick. "Kemarin pertama kali saya ucapin selamat," Sandiaga menegaskan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut MotoGP San Marino, Kota Tavullia Gelar Acara Menarik

Posted: 07 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kota Tavullia menyambut gelaran MotoGP San Marino dengan suka cita. Ada tiga acara yang bisa menghibur penggemar balap MotoGP di kampung halaman Valentino Rossi, yang dimulai pada 6-8 September.

Wali Kota Tavullia Francesca Paolucci dan Penasihat Pariwisata dan Kebudayaan Patrizio Federici sudah merancang agar acara dengan tema 'Tavullia In Moto' berjalan sukses. Salah satu skenario yang dilakukannya yakni menyediakan layanan bus gratis dengan stiker 46 untuk menghubungkan Kota Tavullia dengan Gabicce Mare, Cattolica, dan San Giovanni di Marignano.

Ada beberapa akses jalan yang akan ditutup selama acara tersebut berlangsung dimulai pukul 17.00 hingga 24.00 waktu setempat. Arus lalu lintas nantinya akan dialihkan ke jalan lain.

"Tahun ini pemerintah kota telah menyelenggarakan tiga hari peristiwa besar di jantung kota bertepatan dengan gelaran MotoGP San Marino. Minggu, semua siap untuk mendukung Valentino dan menyaksikan pertunjukkan besar di Misano," jelas Paolucci dikutip dari Ilfoglia, Sabtu (8/9/2018).

Paolucci menerangkan setiap tahunnya kota Tavullia selalu menjadi objek ziarah bagi para penggemar Rossi. Karena itu, pemerintah ingin menyambut kedatangan fans The Doctor dengan suasana yang berbeda selama tiga hari atau sebelum balapan berlangsung.

"Rasa hormat dan semangat yang kami pikir akan sangat penting untuk demonstrasi publik dalam tiga hari sebelum perlombaan. Ribuan orang dari seluruh Italia mengambil bagian dalam inisiatif ini. Antusiasme dan partisipasi besar dari edisi sebelumnya memberi tahu kami bahwa kami berada di jalur yang benar dengan tujuan untuk mempromosikan dan memperkuat merek pariwisata. Kami percaya dapat mempromosikan pariwisata dan membantu mengembangkan ekonomi lokal," pungkas Paolucci.

 

3 Acara di Kota Tavullia

1.) 6 September 2018

Acara Tavullia In Moto dimulai pada Kamis (6/9) malam waktu setempat. Para penggemar akan dihibur dengan kehadiran pembalap akademi VR46 dan tim Sky Racing VR46.

Pembalap yang hadir yakni Franco Morbidelli, Denis Foggia, Nicolo Bulega, Pecco Bagnaia, Niccolo Antonelli, Andrea Migno, Lorenzo Baldassarri, Marco Bezzecchi, dan adik tiri Rossi, Luca Marini.

2.) 7 September 2018

Di hari berikutnya, penggemar akan merasa lebih dekat dengan Valentino Rossi lantaran ada beberapa tokoh balap yang bakal menceritakan tentang karier juara dunia tujuh kali di kelas elite MotoGP.

Mereka adalah Carlo Pernat, Graziano Rossi, Flavio dan Marco Masetti Fratesi. Ketiganya akan menceritakan Rossi dalam sebuah novel mulai dari remaja hingga kemenangan dunia pertama dan menjadi pembalap top dunia.

Bersama mereka juga akan hadir Manuel Poggiali, mantan juara dunia 125cc dan 250cc dan Gianni Rolando, lawan "bersejarah" Graziano Rossi.

3.) 8 September 2018

Di hari terakhir, penggemar akan mendapatkan hiburan berupa menampilan DJ dan musik Band Hot Licks yang dijadwalkan bakal berlangsung pada pukul 19.30 malam waktu setempat. Kemudian Valentino Rossi Fans Club akan membuat malam yang unik dengan banyak inisiatif yang tidak dapat dilewatkan. Acara ini akan ditutup dengan stand makanan dan anggur untuk menyegarkan tamu yang hadir pada acara tersebut.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengundurkan Diri, Nadal Serahkan Tiket Final AS Terbuka ke Del Potro

Posted: 07 Sep 2018 08:13 PM PDT

Petenis Spanyol, Rafael Nadal menggunakan bebat pada lututnya saat melawan Juan Martin del Potro dari Argentina pada laga semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Nadal memutuskan untuk mengundurkan diri setelah melakoni dua set. (AP/Adam Hunger)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal menggunakan bebat pada lututnya saat melawan Juan Martin del Potro dari Argentina pada laga semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Nadal memutuskan untuk mengundurkan diri setelah melakoni dua set. (AP/Adam Hunger)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal berbincang dengan Juan Martin del Potro dari Argentina setelah mengundurkan diri pada laga semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Nadal tak mampu melanjutkan pertandingan disebabkan cedera lutut. (AFP/kena betancur)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal berbincang dengan Juan Martin del Potro dari Argentina setelah mengundurkan diri pada laga semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Nadal tak mampu melanjutkan pertandingan disebabkan cedera lutut. (AFP/kena betancur)

Petenis Argentina, Juan Martin del Potro memeluk Rafael Nadal dari Spanyol yang mengundurkan diri pada laga semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Itu berarti, Del Potro melangkah ke final AS Terbuka untuk pertama kalinya setelah 2009. (AP/Seth Wenig)

Petenis Argentina, Juan Martin del Potro memeluk Rafael Nadal dari Spanyol yang mengundurkan diri pada laga semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Itu berarti, Del Potro melangkah ke final AS Terbuka untuk pertama kalinya setelah 2009. (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal berjalan menjauh dari Juan Martin del Potro (Argentina) setelah mengundurkan diri pada semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Ini kedua kalinya pada tahun ini Nadal mengundurkan diri dari kejuaraan Grand Slam (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal berjalan menjauh dari Juan Martin del Potro (Argentina) setelah mengundurkan diri pada semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Ini kedua kalinya pada tahun ini Nadal mengundurkan diri dari kejuaraan Grand Slam (AP/Seth Wenig)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal meninggalkan lapangan usai mengundurkan diri saat melawan Juan Martin del Potro dari Argentina pada semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9).Nadal tak mampu melanjutkan pertandingan disebabkan cedera lutut. (AP/Andres Kudacki)

Petenis Spanyol, Rafael Nadal meninggalkan lapangan usai mengundurkan diri saat melawan Juan Martin del Potro dari Argentina pada semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9).Nadal tak mampu melanjutkan pertandingan disebabkan cedera lutut. (AP/Andres Kudacki)

Petenis Argentina, Juan Martin del Potro bereaksi setelah Rafael Nadal dari Spanyol mengundurkan diri pada semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Itu berarti, Del Potro melangkah ke final AS Terbuka untuk pertama kalinya setelah 2009. (AP/Seth Wenig)

Petenis Argentina, Juan Martin del Potro bereaksi setelah Rafael Nadal dari Spanyol mengundurkan diri pada semifinal AS Terbuka 2018, Jumat (7/9). Itu berarti, Del Potro melangkah ke final AS Terbuka untuk pertama kalinya setelah 2009. (AP/Seth Wenig)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catat, Hindari 4 Makanan Ini Kalau Ingin Bebas dari Perut Buncit

Posted: 07 Sep 2018 08:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian besar kaum hawa, mendapatkan perut langsing dan rata pasti didambakan. Pakai baju apapun jika punya perut langsing pasti terlihat bagus dan lebih menarik.

Jadi, tak jarang banyak wanita sampai rela diet dan melakukan banyak hal untuk mendapatkan perut rata dan bebas buncit. Sebenarnya ada empat cara cepat yang bikin perutmu tetap rata. Dirangkum Vemale, ini empat makanan yang perlu dihindari agar perut bebas buncit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

vidio:6 Olahraga yang Dapat Meminimalisir Perut Buncit

Ini caranya

Ilustrasi menjaga pola makan. (Boldsky.com)
  • Hindari berbagai sayur yang bisa menyebabkan gas di perut. Kol, kale, dan brokoli termasuk beberapa sayur yang mengandung gas. Sayuran ini mengandung banyak zat gizi yang dibutuhkan tubuh, karena itu konsumsi dalam jumlah kecil boleh kamu lakukan.
  • Selanjutnya, hindari makanan yang diasinkan seperti keripik, makanan kalengan, dan makanan awetan tinggi natrium. Natrium dapat membuat cairan tetap tinggal di dalam tubuh sehingga terjadi perbesaran pada perut dan bagian tubuh lainnya.
  • Soda mengandung gelembung udara yang akan tinggal di dalam perut dan menyebabkan perut kembung serta membesar.
  • Batasi pula konsumsi makanan dan aneka pemanis buatan yang ada dalam makanan kemasan.

Selain membatasi makanan yang kurang baik, olahraga yang cukup akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan perut yang rata.

 

Reporter

Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Rasanya Kencan Kilat dengan New Honda HR-V

Posted: 07 Sep 2018 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS0 2018, PT Honda Prospect Motor (HPM) akhirnya memberikan kesempatan sejumlah jurnalis dari media otomotif nasional, termasuk Liputan6.com untuk merasakan New Honda HR-V.

Untuk pengujian yang cukup singkat ini, pabrikan berlambang huruf 'H' tersebut menyediakan sekitar 20-an Honda HR-V 1,5L ESpecial Edition CVT.

Untuk daerah pengujiannya, Honda mengajak untuk berkeliling di sekitaran Alam Sutera hingga BSD, Tangerang Selatan.

Untuk Honda HR-V 1,5L ESpecial Edition CVT ini merupakan tipe baru dari model anyar, dan diposisikan sebagai yang paling tinggi untuk mesin berkapasitas 1,5 liter. Tidak banyak ubahan yang tersemat di model baru ini, hanya di beberapa bagian eksterior dan juga interior.

Tampilan luar, Honda HR-V facelift ini mendapatkan perubahan di desain grill, dan berkonsentrasi di penggunakan lampu utama LED, DRL, dan lampu kabut juga sudah LED.

 

New Honda HR-V (Arief A/Liputan6)

Sementara itu, penggunaan pelek baru dengan kombinasi two-tone dan berpalang lima dengan ukuran 17 inci membuat Honda HR-V ini terlihat lebih keren.

Dengan tambahan di kaki-kaki tersebut, mobil ini terkesan lebih sporty dan macho.

Selanjutnya

Interior New Honda HR-V (Arief A/Liputan6.com)

Untuk pengetasan pertama, Liputan6.com bertindak sebagai penumpang, dan merasakan kenyamanan bangku baris kedua.

Saat memasuki kabin Honda HR-V, tidak ada ubahan yang signifikan, hanya mendapatkan ubahan di headunit touchscreen berukuran 8 inchi yang membuat pengoperasian sistem hiburan menjadi lebih menyenangkan.

Selain itu, jok berlapis kulit berwarna hitam juga cukup membuat tampilan mobil ini menjadi sporty, dan cukuplah untuk menambah kenyamanan bagi penumpang serta pengemudi.

Tiba waktunya duduk di belakang setir, dan mengambil posisi terbaik tidak terlalu sulit. Jok juga cukup memeluk badan dengan sempurna, meskipun jok masih diatur secara manual. Untuk posisi setir, mobil ini sudah memiliki pengaturan tilt dan telescopic steering.

Interior New Honda HR-V (Arief A/Liputan6.com)

Saatnya berkendara, mesin dinyalakan sudah menggunakan tombol start/stop engine. Ruang kabin memiliki kedap suara yang cukup baik, sehingga noise dari luar tidak begitu terdengar.

Saat pedal gas mulai diinjak, tarikan bawah memang tidak cukup responsif, karena karakter dari transmisi CVT milik Honda, namun saat di putaran atas, mesin sangat-sangat responsif.

Saat jalanan dengan lalu lintas yang padat di sekitar BSD, mobil ini cukup memiliki handling yang enak untuk diajak bermanuver, dan meliuk-liuk menembus kemacetan.

Terlebih, kini juga sudah ada tombol automatic brake hold yang sangat mempermudah ketida berhenti di kemacetan tanpa menginjak pedal rem.

Asyiknya lagi, kini Honda HR-V facelift memiliki indikator yang melingkar di spedometer. Warna tersebut akan berubah menjadi hijau jika konsumsi bahan bakar menjadi efisien, dan berubah menjadi ungu atau biru jika pengemudi tidak terlalu berkendara dengan irit bahan bakar.

Selanjutnya

Mesin New Honda HR-V (Arief A/Liputan6.com)

Sebenarnya, untuk gaya berkendara dan pengalaman berkendara tidak berbeda banyak dari model sebelumnya. Pasalnya, Honda HR-V facelift masih mengandalkan mesin L15 berkapasitas 1,5 liter SOHC i-VTEC yang mampu menghasilkan daya hingga 118 Tk dengan torsi 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

New Honda HR-V tersedia dalam 4 varian, yaitu tipe 1.8L Prestige CVT, tipe 1.5 E Special Edition CVT, tipe 1.5L E CVT, tipe 1.5L S CVT dan 1.5L S M/T.

Selain itu, New Honda HR-V tersedia dalam 6 warna, yaitu White Orchid Pearl (Two-tone Khusus tipe Prestige), Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Rallye Red, Brownish Amethyst Metallic (khusus New Honda HR-V 1.8 Prestige) dan Dark Olive Metallic (khusus New Honda HR-V tipe 1.5L).

Harganya, New Honda HR-V ditawarkan mulai Rp 279,5 juta samapai Rp 395 juta.

Kelebihan dan Kekurangan

Honda HR-V terbaru mengalami penyegaran sehingga nampak elegan. (Arief/Liputan6.com)

Kelebihan

1) Eksterior semakin bergaya, dengan penambahan lampu LED di lampu utama, DRL, dan kabut. serta penggunaan pelek baru 17 inci dua warna palang lima.

2) Jok lapis kulit

3) Sistem hiburan touchscreen 8 inci

4) Indikator efisiensi bahan bakar

Kekurangan

1) Tidak banyak ubahan, terlebih di sektor performa dan mesin

2) Dibandingkan varian 1,8 Prestige, varian edisi spesial belum menggunakan sunroof

3) Tata letak AC tidak diubah, dan lebih mengarah kepada pengemudi dan penumpang, sehingga kabin baru terasa sejuk dan dingin hingga baris kedua membutuhkan waktu

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dongkrak Kunjungan Wisatawan, Kemenpar Promosikan Danau Toba di Yogyakarta

Posted: 07 Sep 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) semakin gencar mempromosikan pariwisata Danau Toba. Bukan saja di luar negeri, promosi juga dilakukan di dalam negeri. Terbaru Kemenpar menggelar Misi Penjualan Destinasi Pariwisata Prioritas Danau Toba di Yogyakarta, 7-9 September 2018.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata Masruroh mengatakan, program ini diikuti oleh 25 sellers industri gabungan dari ASITA dan PHRI Sumatera Utara. Mereka menawarkan Destinasi Toba dihadapan 71 buyers industri dari Yogyakarta.

"Danau Toba sebagai destinasi prioritas akan terus kami promosikan sebagai destinasi pariwisata yang siap menyambut wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus). Untuk itu program ini juga kita gelar di Yogyakarta," ujar Masruroh yang biasa disapa Iyung, Kamis (6/9).

Pogram pun dibagi menjadi 2 bagian yaitu di Hartono Mall dan Hotel Marriott Yogyakarta. Acara dimulai dari Opening Ceremony di Ground Floor Hartono Mall, tanggal 7 September 2018. Kegiatan ini dilakukan dimulai pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan table top atau misi penjualan di Hotel Marriott Yogyakarta.

Selain itu, berbagai program menarik turut dihadirkan untuk mencuri minat pengunjung. Seperti lomba mewarnai bagi anak- anak, serta cooking class makanan khas Sumatera Utara. Ada juga Direct Selling di Hartono Mall mulai dari tanggal 7–9 September 2018.

"Kita juga siap seminar dan talkshow di salah satu TV lokal Yogyakarta. Selain itu kita juga hadirkan artis nasional yang berasal dari Sumatera Utara, Sammy Simorangkir yang akan mengisi acara pada hari Minggu 9 September 2018. Sekaligus sebagai puncak acaranya di ground floor Hartono Mall Yogyakarta," ungkap Iyung.

Uniknya semua itu akan dibalut dengan tampilan paviliun yang ciamik. Nuansa kental Tanah Batak akan diboyong ke Yogyakarta. Rumah tradisional Toba, Sigale-gale dan juga ornament seperti motif kain songket menjadi tampilannya. Tak lupa alat musik khas Sumatera Utara, seperti Gondang Sembilan.

"Kami ingin menampikan secara utuh kekayaan alam dan budaya yang ada di Danau Toba. Sehingga dapat semakin menarik minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba," ucap Iyung.

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Pemasaran Area I di Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Alfin Merancia mengatakan, dipilihnya Yogyakarta bukan tanpa sebab. Yogyakarta merupakan salah satu pintu masuk utama wisman ke Indonesia. Selain itu Yogyakarta merupakan salah satu destinasi utama wisnus untuk berwisata.

"Untuk itu kami memilih Yogyakarta. Terlebih pamor Yogyakarta sebagai kota seni budaya juga telah mendunia. Yogyakarta merupakan salah satu destinasi utama wisman. Menjadikannya salah satu pintu utama wisman ke Indonesia. Selain itu sudah ada penerbangan langsung Yogyakarta-Medan. Sehingga wisatawan dari Yogyakarta semakin mudah mengunjungi Danau Toba," ujar Alfin Merancia.

Tentu tidak dapat dipungkiri, Danau Toba sebagai aset pariwisata nasional telah memiliki citra yang mendunia. Danau Toba merupakan salah satu danau vulkanik terluas di dunia. Panjangnya mencapai 100 km dengan lebar 30 km. Danau Toba terbentuk akibat letusan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu. Bahkan tercatat dalam sejarah geologi dunia sebagai letusan Super Volcano.

"Dengan predikat dan citra yang sudah mendunia tersebut, maka Danau Toba sebagai destinasi telah memiliki positioning yang bagus untuk dipasarkan dan menjadi magnet yang kuat dalam menarik kunjungan wisatawan. Baik itu wisman maupun wisnus," pungkas Alfin Merancia.

Menurut Menteri Pariwisata Arief upaya Pemerintah untuk mempromosikan dan mengembangkan Destinasi Danau Toba telah menunjukkan perkembangan yang signifikan. Ini ditandai dengan peningkatan kunjungan wisatawan ke Provinsi Sumatera Utara. Baik itu wisman maupun wisnus.

Berdasarkan data BPS, jumlah tamu domestik di hotel bintang tahun 2016 meningkat 44,68% dari tahun sebelumnya. Bahkan di hotel non bintang meningkat tinggi, yaitu sebesar 248,19% dari tahun sebelumnya.

Pencapaian tersebut semakin didukung dengan adanya pengembangan Bandara Silangit menjadi bandara internasional. Yang peresmiannya langsung dilakukan oleh Presiden Jokowi pada November 2017. Hal ini menjadikan Bandara Silangit sebagai pintu masuk udara kedua ke destinasi Danau Toba selain Bandara Kuala Namu, Medan.

"Untuk mendorong peningkatan kepariwisataan di Sumatera Utara dan destinasi Danau Toba secara konsisten dan terus tumbuh positif, maka diperlukan upaya-upaya yang konsisten dan inovatif untuk mempromosikan dan memasarkan destinasi Danau Toba ke pasar wisatawan. Program sales mission ini salah satunya. Saya yakin program ini akan mendapatkan progres yang bagus," ujar Menpar Arief Yahya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: