Selasa, 04 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Polisi Tangkap 2 Begal yang Tewaskan Mahasiswi di Bandung

Posted: 04 Sep 2018 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepolisian Daerah Jawa Barat menangkap dua begal yang menewaskan seorang mahasiswi di Bandung, Shanda Puti Denada (23). 

"Sudah ditangkap, ada dua pelaku," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana, Rabu (5/9/2018).

Satu diantara begal yang ditangkap itu tewas karena melawan petugas saat akan mengembangkan kasus tersebut. "Satu lagi berhasil dilumpuhkan," kata mantan Kaporesta Metro Bekasi ini.

Umar belum merinci soal penangkapan itu. Namun, dia memastikan penangkapan dilakukan di Bandung. "Nanti detail menunggu Kapolda Jabar," kata Umar.

Shanda menjadi korban pembegalan di Kota Bandung pada Kamis dini hari, 30 Agustus 2018, sekitar pukul 03.30 WIB. Ia meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung akibat luka parah di kepala.

Saat berboncengan dengan temannya, tas Shanda ditarik dari belakang oleh begal di kawasan Jembatan Pasupati, Kota Bandung. Mahasiswi Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STT Tekstil) Bandung itu tersungkur di aspal dengan kepala terluka.

Sementara, temannya yang mengendarai sepeda motor dari arah Cihampelas melewati Jembatan Pasupati, hanya tergores. Saat dipepet begal itu, mereka hendak menuju indekos rekannya di daerah Dipatiukur Kota Bandung.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pura-Pura Jadi Pasutri, Eks Majikan dan Pembantu Wanita Sikat Belasan Motor

Posted: 04 Sep 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Tak ada yang menonjol dari perempuan berinisial NR ini. Usianya pun masih terbilang muda, baru 32 tahun. Namun, menilik sepak terjang pelaku curanmor ini, siapa pun bakal geleng-geleng kepala.

Bagaimana tidak, hanya dalam sebulan ia dan komplotannya menggasak belasan sepeda motor. Wilayah operasinya pun luas, lintas kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Sebenarnya, modus operandinya biasa dan bukan model baru, tetapi butuh keberanian dan ketenangan tingkat tinggi.

Warga Desa Jatilaba, Mergasari, Tegal ini mesti berpura-pura menjadi istri SBY (56), warga Desa Parungkamal, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.

SBY, bagi NR bukan lah orang baru. Sebagaimana pengakuannya, SBY adalah bekas majikan NR.

Sayangnya, silaturahmi yang terus terjalin ini berujung persekongkolan jahat. Mereka jadi sekawanan pelaku curanmor.

Kepala Polres Cilacap, AKBP Djoko Julianto mengatakan, saat beraksi, NR berpura-pura menjadi istri SBY. Mereka lantas berboncengan ke daerah-daerah yang sepi, seolah seperti pasangan suami istri.

Begitu memperoleh mangsa curanmor, NR lantas berbincang dengan korban. Saat korban lengah, SBY pun bersicepat mencuri kendaraan korban.

 

50 Sepeda Motor dan 3 Pikap Curian ada di Polres Cilacap

Polres Cilacap menyita sebanyak 50 sepeda motor adan tiga pikap pada akhir Agustus 2018. (Foto: Liputan6.com/Polres CLP/Muhamad Ridlo).

Ada kalanya, mereka berpura-pura hendak membeli bambu. SBY lantas berpura-pura meminjam motor korban dengan alasan akan mengambil uang. Saat diperbolehkan, sepeda motor langsung dibawa kabur. Adapun NR sipat kuping dengan berbagai alasan sebelum korban curiga.

Pelaku menjual kendaraan hasil curanmor di kawasan sekitar Kabupaten Cilacap dan Banyumas. "Tiap unit kendaraan dijual dengan dengan harga Rp 2-5 juta," Djoko menambahkan.

Selain menangkap SBY dan NR, Satuan Reskrim Polres Cilacap juga menangkap anggota komplotan curanmor lainnya, SYM. Berbeda dengan SBY dan NR yang mencuri sepeda motor, warga Bunton Adipala, Cilacap ini mencuri pikap.

Modusnya, SYM mengambil kendaraan yang diparkir di halaman rumah yang tidak terpantau. Pelaku mencuri pikap dengan merusak kunci pintu mobil.

"Dari pelaku diamankan 14 kendaraan roda dua dengan tiga pikap jadi semua pelaku akui dan mereka beraksi dalam waktu satu bulan," ucap Kapolres, dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Para pelaku curanmor dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara.

Pada akhir Agustus 2018, Satreskrim Polres Cilacap menyita sebanyak 50 sepeda motor diduga hasil kejahatan. Puluhan kendaraan itu kini berada di Markas Polres Cilacap.

"Diimbau kepada masyarakat apabila yang merasa kehilangan kendaraan roda dua bisa menghubungi Satuan Reskrim dengan membawa bukti-bukti kepemilikan untuk dicocokan dan akan diserahkan jika memang sesuai dengan STNK dan BPKB," Djoko menegaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka-bukaan Selena Gomez tentang Overdosis Demi Lovato

Posted: 04 Sep 2018 10:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Untuk pertama kalinya Selena Gomez (26) buka suara soal overdosis yang dialami sahabat masa kecilnya Demi Lovato (26) Juli lalu dalam sebuah wawancara dengan majalah Elle edisi Oktober.

Pelantun lagu "Back to You" itu menjelaskan dia memilih memberi dukungan secara diam-diam daripada gembar-gembor di media.

Enam hari pasca-kejadian, ketika Lovato masih terbaring di rumah sakit, Gomez menghubunginya.

Elle menuliskan bahwa Gomez tercekat dan berurai air mata saat menuturkan kisah itu.

"Maksudku, aku menghubunginya secara pribadi. Aku tak gembar-gembor di media. Aku tak mau... Aku mencintainya. Aku kenal dia sejak umur tujuh tahun. Jadi itu yang akan kukatakan."

Pada 24 Juli ambulans bergegas melarikan Lovato dar rumahnya di Hollywood Hill dan berhasil menyelamatkannya dari overdosis fenatil, heroin, dan pereda nyeri yang diresepkan.

Lovato harus berbaring d rumah sakit lebih dari seminggu dan baru keluar pada 4 Agustus untuk kemudian masuk fasilitas pengobatan pasien.

Sebulan setelah itu, seorang nara sumber mengatakan pada People bahwa Lovato dalam keadaan "sangat baik dan dalam masa penyembuhan."

Dalam artikel di Elle, Gomez juga berkisah dia mengalami perubahan besar dalam hidupnya, yang kira-kira idenya adalah menjalani hidup "sederhana".

Pada Januari dia pindah dari LA ke Orange County untuk tinggal bareng seorang temannya dari gerejanya karena dia bilang "Aku tak bisa melakukan hal yang aku lakukan di sini di LA. Tak mungkin."

Dia juga menjual tiga rumahnya - estate Calabasas, rumah Texas miliknya dan apartemen Studio City - semuanya bernilai antara 2,8 dan 3,3 juta dolar AS.

Selain itu, sebagai bagian dari fokus barunya untuk menemukan apa yang penting baginya, Gomez telah menjadi sukarelawan di sebuah organisasi anti perdagangan manusia, A21, sejak Maret. Tapi dia ragu-ragu membicarakannya pada awalnya.

"Aku tak mau buru-buru membahasnya. Itu hal yang di luar daerah kenyamananku. Aku perlu sepenuhnya terlibat di dalamnya," katanya, sambil menambahkan, "hal luar biasa yang dilakukan selebritas lainnya - itu bukan alasanku ingin membicarakannya. Aku tidak bisa diam tentang ini."

Rahasia lain soal Gomez adalah nyatanya dia tak punya aplikasi Instagram di HP-nya meski dia adalah orang paling banyak follower di muka bumi ini.

Dia bahkan tak tahu password dari akunnya. Dia cuma bisa mengupdate nya dari HP temannya yang sudah diberi akses.

"Aku tak pakai internet sejak berbulan-bulan," katanya pada Elle.

"Aku tak punya aplikasi di HPku, tak punya aplikasi edit foto. Aku punya Peak sih, gim untuk asah otak... Kenapa? Karena itu tak nyata bagiku.. Aku tahu suaraku sangat penting, tapi aku tak sembrono dengan itu. Aku selektif."

Gomez punya proyek lain yang sedang berjalan yang dimaksudkan untuk menanamkan beberapa nilai yang sama pada para penggemarnya.

Desain sneaker terbarunya bekerja sama dengan Puma memiliki inisial SG dalam judulnya, tetapi juga singkatan dari "gadis-gadis yang kuat," katanya kepada Footwear News minggu lalu.

Tentu saja, aktris dan penyanyi ini menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-harinya.

Tahun lalu, dia menjalani transplantasi ginjal karena komplikasi dari Lupus. Dan baru-baru ini, dia dihadapkan dengan kontroversi media sosial ketika desainer Stefano Gabbana merujuk kepadanya sebagai "si jelek" dalam komentar Instagram.

Tapi Gomez mengatakan dia tetap setia pada dirinya sendiri, tidak peduli apa yang dikatakan orang tentang dirinya.

"Tidak apa-apa saya tidak diterima dengan cara ini. Tidak apa-apa bahwa saya baik dan tidak semangat. Saya tidak terlalu peduli," Gomez berbagi dengan Elle."Aku harus menyampaikan pesan kepada diri sendiri lebih dari para penggemarku. Aku akan mengatakan bahwa 'aku mengerti, aku menyukaimu,'" People. (Antara/Ida Nurcahyani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari AC Milan, Capello Kritik Pedas AS Roma

Posted: 04 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mantan pelatih Fabio Capello melempar kritik untuk AS Roma di awal musim Seri A 2018/2019. Kritik tersebut keluar setelah Capello menyaksikan Roma takluk di tangan AC Milan dengan skor 1-2.

Pada pekan ketiga Serie A, AS Roma menderita kekalahan dramatis di markas AC Milan. Gol Patrick Cutrone di menit ke-90 menjadi petaka bagi skuat berjuluk Giallorossi. 

Capello yang pernah mengantar Roma meraih gelar scudetto pada tahun 2001 berada di tribun penonton saat kekalahan tersebut. Belakangan, pria 72 tahun buka suara setelah melihat penampilan Roma.

"Saya akan membagi Roma ke dalam dua bagian, sebab babak pertama dan kedua mereka bermain dengan intensitas yang sangat jauh berbeda," kata Capello, dikutip Football Italia.

"Jika Anda ingin tahu apa formasi yang digunakan AS Roma, itu adalah formasi 9-0-1," kata Capello, yang menganggap Roma tidak berani tampil menyerang di sisa babak kedua.

 

 

Saran Capello

Ketika melatih Inggris, Fabio Capello terkenal ketat dengan para pemainnya. Dia melarang tampilan kasual di depan umum. Menurutnya para pemain terlihat buruk dan tidak profesional. (AFP/Kirill Kudryavtsev)

Menurut Capello, Roma perlu meningkatkan agresivitas menyerang untuk bisa memenangan pertandingan. Namun, dia tidak mau lebih banyak berkomentar mengingat dia sudah tidak lagi memimpin Roma.

"Eusebio Di Francesco sangat tahu apa yang harus dia lakukan, dia melihat pemain dan melatih mereka setiap hari. Saya akan membatasi diri pada saran-saran umum," lanjutnya.

Kekalahan di markas Milan merupakan yang pertama membekap Roma musim ini. Sebelumnya, mereka meraih satu kemenangan dan satu kali imbang di dua laga pembuka Serie A.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Pengantin Baru, Habib Usman Bin Yahya Memuji Habis-habisan Kartika Putri

Posted: 04 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Putri resmi dipersunting oleh Habib Usman Bin Yahya di Tanah Suci,  usai keduanya menjalani ibadah haji. Kabar pernikahan wanita 27 tahun itu, kali pertama diketahui melalui akun Instagram Kartika Putri.

Ia mengunggah foto tangannya sedang menggenggam tangan seorang pria. Kartika Putri memberi keterangan untuk postingannya itu halal dan alhamdulillah. 

Melalui Instagram juga, Habib Usman Bin Yahya mengumumkan pernikahannya dengan Kartika Putri, yang sekaligus menegaskan status Kartika Putri sebagai seorang istri.

Ucapan selamat atas pernikahan Kartika Putri  dengan Habib Usman Bin Yahya membanjiri kolom komentar. Warganet ikut senang mengetahui keduanya sudah sah menjadi sepasang suami istri.

"Selamat ya bib atas pernikahan nya. Semoga sakinah mawadah warohmah. Dan selalu dlm lindungan ALLAH SWT," tulis akun @ @ayu_kyd.

 

Titip Kartika Putra

Kartika Putri mengatakan orang tuanya ikut menjodohkan dengan Habib Usman bin Yahya (Deki Prayoga/Instagram@barisanaswaja)

Selain mendoakan, ada juga warganet yang menginginkan Habib Usman Bin Yahya bisa menjaga dengan baik Kartika Putri yang kini menjadi istrinya.

Terlebih mengajarkan tentang ilmu agama kepada bintang film The Secret: Suster Ngesot Urban Legend yang memutuskan untuk berhijrah.

"Titip ka @kartikaworld ya bib, semoga selalu istiqomah.. AMIN YA ALLAH," tutur warganet lagi.

Pujian Habib Usman Bin Yahya

Habib Usman Bin Yahya dan Kartika Putri (Instagram/ @Lambe_Turah)

Menanggapi komentar positif warganet, Habib Usman Bin Yahya mengucapkan terima kasih. 

Habib pun menjelaskan Kartika Putri adalah sosok wanita yang baik ibadahnya. Ia juga akan menceritakan seperti apa sosok sang istri setelah hijrah, menjalankan ibadah haji bersama sampai akhirnya resmi menjadi pasangan suami istri. 

"Gak usah dititip dia ibadanya rajin dan selalu ontime sholat 5 waktunya dan dia sangat dekat dengan Alloh apalagi waktu haji... next saya ceritain deh sedikit2... Alhamdulillah berkah insya Allah," kata Habib Usman lagi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dell Rilis Duo XPS 15 ke Indonesia, Laptop Canggih untuk Super User

Posted: 04 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dell baru saja mengumumkan kehadiran produk terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni XPS 15.

Ada dua model yang diperkenalkan, yakni model laptop konvertibel (2-in-1) dan laptop bergaya clamshell.

Menurut Consumer Country Director Dell Indonesia Tjipto Suparto, kedua model ini ditujukan bagi super user. Maksudnya, pengguna komputer dengan pengetahuan dan pengalaman di atas rata-rata.

"Contohnya adalah desainer atau fotografer. Mereka bekerja di industri kreatif dan membutuhkan produk berkualitas tinggi dan efisien, dengan ekspektasi tinggi," tuturnya saat peluncuran XPS 15 di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Oleh sebab itu, kedua model ini dibekali dengan spesifikasi yang kelas wahid. Bahkan, khusus untuk model 2-in-1, Dell menyebut perangkat ini sebagai model konvertibel paling mumpuni untuk saat ini.

"Dell XPS 15 2-in-1 ini memiliki prosesor Intel Core i7-8750G dengan Radeon RX Vega M," tutur Product Marketing Manager Dell Indonesia William Hartoyo.

Laptop ini memiliki layar sentuh dan sudah didukung dengan stylus. Tidak hanya itu, Dell menyematkan keyboard maglev yang mampu mengurangi ketebalan laptop hingga 24 persen, tanpa mengurangi pengalaman mengetik.

Dell menyertakan layar InfinityEdge Ultra HD untuk laptop ini. William menuturkan, XPS 15 2-in-1 ini juga dibekali dengan sistem pendingin inovatif untuk menjaga suhu perangkat tetap dingin saat digeber untuk kebutuhan pengguna.

"Dengan spesifikasi yang diusungnya, Dell XPS 15 2-in-1 ini menjadikan sebagai model konvertibel paling tipis dan kecil di dunia," tutur William.

Adapun laptop ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 37.999.000. Menurut William, XPS 15 2-in-1 ini sudah dapat diperoleh di kanal penjualan Dell.

Spesifikasi Dell XPS 15

Dell XPS 15 yang baru saja meluncur (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Sementara untuk XPS 15, Dell membekalinya dengan Intel Core i7-8705G dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1050Ti. Versi terbaru ini sudah memiliki desain InfinityEdge 4K.

"Meski memiliki layar berukuran 15 inci, besar secara keseluruhan laptop ini sama dengan ukuran 14 inci," tutur Tjipto.

Berbekal spesifikasi yang dimilikinya, Dell mengklaim XPS 15 sebagai model paling mumpuni di kelas 15,6 inci.

Sama seperti XPS 15 2-in-1, laptop ini sebenarnya sudah tersedia di sejumlah kanal penjualan Dell. Adapun laptop ini dijual mulai dari harga Rp 35.999.000.

Sasar Pengguna Berbeda

Tampilan Dell XPS 15 2-in-1 (liputan6.com/Agustinus M.Damar)

Keputusan Dell untuk memboyong dua model laptop ini juga bukannya tanpa alasan. Menurut William, masing-masing produk menyasar pengguna dengan kebutuhan berbeda. 

Menurutnya, meski sama-sama ditujukan sebagai perangkat dengan mobilitas tinggi, bukan berarti semua orang cocok memakainya. Dia menuturkan, tidak ada produk yang benar-benar cocok untuk semua orang. 

"Sebenarnya, tidak ada produk yang benar-benar ditujukan untuk semua orang, sehingga kami merilis dua produk. Versi 2-in-1 lebih cocok untuk pengguna yang biasa menggambar dan butuh modus tablet, sedangkan versi standar cocok untuk pengguna yang terbiasa menggunakannya untuk persentasi," tuturnya. 

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Detik-Detik Balita Nyaris Terlindas Mobil

Posted: 04 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akibat kelalaian sang ibu, seorang balita di China, main di jalan raya dan nyaris terlindas mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Pengusaha Sawit Belum Kantongi Sertifikat ISPO

Posted: 04 Sep 2018 10:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian, Dedi Junaedi mengatakan masih cukup banyak pelaku usaha di sektor perkebunan sawit yang belum mengantongi sertifikat standar Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Hingga saat ini dari 561 korporasi maupun koperasi yang bergerak di sektor perkebunan sawit, masih ada sekitar 100-an koperasi maupun korporasi yang belum mendapatkan sertifikat ISPO.

"Hingga hari ini jumlah sertifikat ISPO yang telah diterbitkan baru mencapai 346 sertifikat. 4 koperasi dan 342 korporasi dari total 561 perusahaan yang sudah laporkan laporan akhir," ungkapnya di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Menurut dia, kendala yang paling sering dihadapi pelaku usaha sektor sawit untuk memperoleh sertifikat ISPO berkaitan dengan aspek legalitas lahan.

(Pelaku usaha perkebunan sawit) wajib untuk memiliki izin perkebunan dan hak atas tanah sebagai salah satu persyaratan wajib untuk dapat menjalankan usaha di bidang perkebunan," jelas dia.

Dia mengharapkan, ke depan semakin banyak pengusaha sawit yang serius mengurus legalitas usahanya sehingga dapat memperoleh sertifikat ISPO yang penting bagi produk sawit Indonesia, terutama dalam persaingan memasuki pasar global.

"Aspek legalitas lahan sering menjadi untuk mendapatkan sertifikat ISPO. Jadi masih banyak, sekitar 100-an lebih yang belum mendapatkan akibat aspek legalitas lahan," tandasnya.

RI Menangkan Gugatan Iklan Minyak Kelapa Sawit di Prancis

Ilustrasi Perkebunan Sawit (iStockphoto)​

Pemerintah Indonesia memenangkan gugatan atas iklan minyak kelapa sawit Indonesia di Lyon, Prancis. Hal tersebut merupakan kesimpulan dari keputusan resmi komisi etika periklanan Prancis atau Jury de Deontologie Publicitaire (JDP) pada 15 Juni 2018.

Dengan keputusan tersebut, iklan minyak kelapa sawit Indonesia yang dipublikasikan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lyon dipastikan tidak melanggar aturan.

"Hasil keputusan JDP adalah kemenangan legal bagi Indonesia, karena keputusan JDP tidak memenuhi keluhan pelapor, yang menganggap iklan ITPC Lyon tidak benar dan tidak berdasar," kata Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Oke Nurwan, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/6/2018).

Dengan kemenangan ini, Indonesia berhasil mempertahankan citra minyak kelapa sawit Indonesia sebagai produk yang lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan.

Namun, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita mengingatkan pemerintah untuk tetap waspada mengawal minyak kelapa sawit Indonesia.

"Indonesia masih harus tetap bersiap atas langkah-langkah yang mungkin diambil Uni Eropa untuk mencegah kembali masuknya minyak kelapa sawit ke pasar Eropa," ungkap Enggartiasto.

Akhir tahun lalu, ITPC Lyon mempublikasikan iklan dengan informasi 'L'huile de palme Indonésienne est plus durable et plus écologique' atau 'Minyak kelapa sawit Indonesia lebih berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan'.

Iklan minyak kelapa sawit ini diadukan ke JDP. Pelapor mengadukan pernyataan dalam iklan sebagai pernyataan yang tidak benar dan tidak berdasar. Kasus bergulir mencapai puncaknya pada sesi dengar pendapat, 1 Juni 2018.

Dalam sesi dengar pendapat tersebut, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Pengamanan Perdagangan Kemendag, Pradnyawati. Delegasi Indonesia terdiri atas perwakilan KBRI Paris, perwakilan Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), serta Sekretariat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tampil Berdua Inul Daratista, Dewi Perssik Dianggap Seram

Posted: 04 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dewi Perssik dan Inul Daratista menjadi bintang tamu di acara "Konser Terima Kasih Untuk Para Juara" di Indosiar, Selasa (5/9/2018). Keduanya kompak mengenakan pakaian serba abu-abu.

Usai manggung, Inul Daratista dan Dewi Perssik pun berpose bersama. Dan foto ini pun diunggah Depe, begitu ia biasa disapa, di akun Instagramnya.

Bukan hanya pakaian saja, Dewi Perssik dan Inul Daratista tampil kompak, mulai dari lipstik hingga softlens pun mereka sama.

"Met istirahat semua," tulis Dewi Perssik sebagai keterangan foto.

Seram

Dewi Perssik (Foto: Instagram)

Softlens yang dikenakan Inul Daratista dan Dewi Perssik pun berwarna abu-abu dipadukan dengan hitam. Alih-alih ingin terlihat cantik, keduanya justru tampak menakutkan.

Akun @irfanzain21 menulis di kolom komentar, "Serem kaka."

Begitu pun dengan akun @ernileli_, "Dua2 nya Aslinya udah cantik kenapa dibikin dandanan mata kaya begitu ya jadi.Sereem , padahal @dewiperssikreal ga diapa2 in juga udah cantik."

Sementara akun @vtataaa menambahkan, "Mami kok serem gitu liat ditipi tadi kaga begitu perasaan."

Hibur Para Atlet

Dewi Perssik (Foto: Instagram)

Selain Dewi Perssik, dan Inul Daratista, ada juga Via Vallen yang menghibur para atlet penerima medali di Asian Games 2018.

Para atlet bukan saja menyaksikan penampilan para penyanyi, tapi juga ikut manggung bersama mereka.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turun Paling Tajam di Bursa Asia, IHSG Tergelincir 3,33 Persen

Posted: 04 Sep 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gerak Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merosot tajam pada sesi pertama perdagangan saham Rabu (5/9/2018).

Pada penutupan sesi pertama, IHSG melemah 196,42 poin atau 3,33 persen ke posisi 5.708,88. Indeks saham LQ45 susut 3,92 persen ke posisi 895,13. Seluruh indeks saham acuan kompak melemah

Sebanyak 376 saham melemah sehingga menekan IHSG. 38 saham menguat da 42 saham diam di tempat. Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di posisi tertinggi 5.868,77 dan terendah 5.704,42.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 219.142 kali dengan volume perdagangan 6,3 miliar saham. Nilai transaksi harian Rp 3,9 triliun. Investor asing jual saham Rp 338,82 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.912.

10 sektor saham tertekan. Sektor saham tambang turun 3,99 persen, dan catatkan penurunan terbesar di antara sektor saham lainnya. Selain itu, sektor saham barang konsumsi tergelincir 3,62 persen dan sektor saham manufaktur susut 3,53 persen.

Saham-saham yang catatkan penguatan di tengah IHSG yang tertekan antara lain saham SHID naik 24,78 persen ke posisi 2.870 per saham, saham AKSI melonjak 24,44 persen ke posisi 840 per saham, dan saham EPMT mendaki 15,26 persen ke posisi 2.190 per saham.

Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain saham INPP susut 22,63 persen ke posisi 530 per saham, saham GDST tergelincir 18,13 persen ke posisi 140 per saham, dan saham TPMA melemah 16,67 persen.

Bursa Asia pun kompak tertekan. Indeks saham Hong Kong Hang Seng turun 1,76 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi tergelincir 0,26 persen, indeks saham Jepang Nikkei turun 0,20 persen.

Selain itu, indeks saham Thailand susut 0,80 persen, indeks saham Shanghai tergelincir 0,85 persen, indeks saham Singapura terpangkas 0,77 persen dan indeks saham Taiwan turun 0,21 persen.

Sebelumnya, Analis PT Binaartha Sekuritas, Nafan Aji menuturkan minimnya sentimen positif dari domestik serta meningkatnya sentimen negatif dari eksternal seperti misalnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Tiongkok, krisis keuangan Turki, Venezuela dan Argentina, serta ada potensi akan terjadinya krisis keuangan di beberapa negara berkembang.

"Di sisi lain, sentimen kenaikan suku bunga the Fed pada bulan ini menyebabkan para pelaku pasar lebih cenderung memilih wait and see sehingga IHSG masih akan melemah," kata dia.

Sementara itu, VP PT Ashmore Assets Management Indonesia, Angganata Sebastian menuturkan, ada sejumlah faktor menekan IHSG antara lain, antisipasi menjelang pengumuman apakah impor tarif akan diberlakukan antara AS dan China. "Selain itu ada kecenderungan over panic karena pelemahan rupiah," tutur dia.

Ia mengatakan, gerakan IHSG cenderung jenuh jual. Hal ini mengingat perusahaan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini masih membukukan kinerja positif.

 

 

Rupiah Melemah ke Posisi 14.927 per Dolar AS

Petugas menunjukkan uang dolar AS di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah. Bahkan kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah sentuh 14.900 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank, rupiah melemah 0,58 persen ke posisi 14.927 per dolar AS pada Rabu (5/9/2018) dari periode Selasa 4 September 2018 di posisi 14.840 per dolar AS.

Sementara itu, data Bloomberg, rupiah dibuka menguat terhadap dolar AS. Rupiah menguat 10 poin ke posisi 14.925 per dolar AS dari penutupan kemarin di posisi 14.935. Rupiah bergerak di kisaran 14.925-14.933 pada Rabu siang ini. Nilai tukar rupiah pun sudah merosot 10,17 persen sejak awal tahun.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menegaskan, pelemahan nilai tukar rupiah lebih didorong sentimen eksternal. Hal itu dari kekhawatiran efek menularnya krisis keuangan di Turki dan Argentina terhadap negara berkembang.

"Sentimen cukup negatif di negara berkembang terutama di pasar keuangan mulai dari saham, obligasi. Perspektif investor global terhadap emerging market mulai dari Turki hingga Afrika Selatan berpotensi krisis buat kepanikan dan kekhawatiran," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com.

Sentimen kekhawatiran krisis Turki, Argentina dan Afrika Selatan berimbas terhadap negara berkembang yang alami defisit transaksi berjalan yang cenderung naik.

Defisit transaksi berjalan Indonesia tercatat tiga persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pada akhir kuartal II 2018 atau sekitar USD 8 miliar.

Meski demikian, menurut Josua, kondisi fundamental ekonomi Indonesia masih jauh lebih stabil dibandingkan ekonomi negara berkembang lainnya. "Ini bukan semata-mata faktor fundamental tetapi sentimen. Dikhawatirkan ada penularan krisis tetapi, kondisi kita (Indonesia) sangat kuat," kata dia.

Josua menambahkan, Indonesia memiliki bantalan kuat mulai dari cadangan devisa dan suplai dolar AS. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), cadangan devisa Indonesia tercatat USD 118,31 miliar pada 31 Juli 2018.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) dan pemerintah prioritaskan untuk jaga kestabilan nilai tukar rupiah. Pemerintah dan BI koordinasi untuk implementasi kebijakan yang dapat tekan defisit neraca transaksi berjalan. Selain itu, diharapkan pemerintah dapat melakukan komunikasi dengan investor dan menjelaskan kalau kondisi ekonomi Indonesia lebih baik. Hal ini dilakukan agar mencegah aliran dana investor asing keluar dari Indonesia.

"Kebijakan kurangi impor barang tidak produktif seperti barang mewah. Bank Indonesia juga day to day intervensi di pasar dengan beli SUN. Imbal hasil SUN bertenor 10 tahun sudah 8,4 persen kalau tidak diintervensi bisa lebih besar. Ini dalam jangka pendek bisa menahan sentimen negatif yang berkembang," tambah dia.

Josua menilai, jangan membandingkan kondisi nilai tukar rupiah pada 1998 dengan saat ini. Kondisi fundamental ekonomi Indonesia lebih kuat. "Kalau 1998 rupiah depresiasi sekitar 200 persen. Saat ini dari awal tahun rupiah bergerak di kisaran 13.800 sekarang sekitar 15 ribu, melemah 11 persen," ujar dia.

Namun, memang upaya menstabilkan rupiah tetap diperlukan untuk menjaga sektor riil.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Tips Keselamatan untuk Para 'Boncenger'

Posted: 04 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor memang didesain hanya untuk dua orang saja, yaitu pengemudi dan boncenger. Hanya saja, tak jarang pengendara saat ini mengabaikan keselamatan, padahal nyawa taruhannya.

Nah, bagi Anda yang suka berkendara sepeda motor yang suka berboncengan atau kerap nebeng alias boncenger, ada baiknya patuhi segala aspek keselamatan dan keamanan.

Dilansir We Love Honda, ada beberapa point penting bagi Anda boncenger yang patut perhatikan. Berikut ulasannya:

Pertama, yang paling penting menggunakan kelengkapan safety riding seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Faktor ini tak hanya untuk pengendara tetapi penumpang juga.

Bagi Anda yang membawa motor, maka harus sadar dengan tanggung jawab keselamatan selama berboncengan.

Kedua, taati peraturan lalu lintas dan jangan ugal-ugalan. Sepeda motor didesain hanya untuk membawa dua orang, yaitu pengemudi dan boncenger. Karena itu, yang harus diperhatikan adalah kekuatan struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat mengendalikan motor.

 

Selanjutnya

Ketiga, jika ingin dibonceng, maka perlu dicatat, orang tersebut adalah yang benar-benar mampu mengendalikan laju motor.

Jika ingin belajar mengendarai motor, lebih baik hindari dulu membonceng adik atau teman. Sebab pengemudi newbie, biasanya kaku, terlebih jika mendapat tambahan beban ekstra.

Keempat, pada saat membonceng, maka Anda harus dapat mengatur pergerakan titik berat keduanya agar seirama dengan pergerakan motor.

Jangan sampai ketika bermanuver melewati tikungan ke kiri, boncenger justru miring ke kanan. Jika terjadi seperti itu, keseimbangan motor akan terganggu.

Untuk memudahkan pengemudi motor, boncenger harus duduk menghadap ke depan searah dengan pengemudi dan berpegangan kepada pengemudi sehingga pergerakan pembonceng akan mengikuti pergerakan pengemudi.

 

Selanjutnya

Kelima, perhatikan tekanan angin ban pada saat berboncengan. Ban yang kempes dapat membuat tarikan motor jadi berkurang.

Karena itu, ada baiknya mengecek tekanan angin ban. Hal itu agar performa motor tak berkurang karena ada beban di belakang.

Keenam, boncenger wajib patuhi aturan, seperti pegang pinggang pengendara dan lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan kontrol motor. Karena itu, ikuti gerakan teman yang mengendarai motor.

Ketujuh, khusus wanita, hindari duduk dengan posisi miring. Motor akan jadi berat sebelah sehingga menyulitkan dalam pengendaliannya. Selain itu, hindari juga menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut kedalam roda atau rantai.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MotoGP: Zarco Berharap Misano Tak Diguyur Hujan

Posted: 04 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Johann Zarco menargetkan bisa menembus posisi lima besar saat tampil di MotoGP San Marino, akhir pekan ini. Ini akan menjadi pekerjaan yang tidak mudah mengingat ada beberapa pembalap yang sudah melakukan pengujian di Sirkuit Misano.

Namun demikian, Zarco menekankan bakal mengeluarkan seluruh kemampuannya bertarung dengan pembalap untuk mendapatkan posisi lima besar MotoGP. Meski sulit namun dia mengaku punya kesempatan.

"Saya pikir ada beberapa pembalap yang melakukan pengujian di sana sebelumnya, yang akan membuat pekerjaan saya sedikit lebih sulit untuk berada di dekat puncak. Tapi saya akan mencoba bertarung untuk berada di posisi lima terbaik," kata Zarco dikutip dari MCNews, Rabu (5/9/2018).

"Saya ingin berada di sana. Pasti akan rumit, tapi saya masih percaya punya kesempatan," sambungnya.

Selain itu, Zarco juga berharap agar kondisi cuaca di Sirkuit Misano jauh lebih baik ketimbang di Silverstone. "Misano adalah trek kecil dibandingkan dengan Silverstone dan kami harus memiliki cuaca yang baik di sana."

 

 

Trek Unik

Zarco menilai lintasan sepanjang 4,2 km itu merupakan trek yang unik. Meski pendek, namun para pembalap harus bisa mengatasi tantangan di sana.

"Saya tahu bahwa Yamaha memegang rekor lap tercepat dengan posisi pole Jorge Lorenzo dua tahun lalu. Jadi, ada banyak kemungkinan untuk motor kami dan saya akan memberikan yang terbaik seperti biasanya dan mencoba siap untuk balapan yang bagus," ucap Zarco.

(David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Produk Nike Dibakar Konsumen Gara-Gara Atlet Ini

Posted: 04 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah konsumen membakar produk-produk Nike sebagai aksi protes terhadap pemilihan model terbaru Nike.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Haji NTB Hilang Misterius Saat Hendak Pulang ke Indonesia

Posted: 04 Sep 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 asal Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) menghilang sesaat sebelum rombongannya akan pulang ke Indonesia.

Pria bernama Samsul Rijal yang berasal dari Sakra Timur itu belum ditemukan hingga rombongannya tiba di Tanah Air.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) NTB, Nasruddin, Samsul tak terlihat di dalam rombongan sesaat menjelang dipulangkan.

"Saat ini, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi akan mencari sampai ketemu. Bila sudah ditemukan, Samsul akan dipulangkan bersama kloter yang lain," ujar Nasruddin.

Jemaah haji yang tergabung dalam kloter 2 asal Lombok Timur tiba di Tanah Air pada Kamis, 30 Agustus 2018. Mereka dijemput oleh keluarga di Asrama Haji, Jalan Lingkar Selatan Mataram dengan tangis haru.

Keluarga jemaah sudah menyemut di asrama mulai pagi hingga malam hari. Saat bus yang membawa para jemaah haji tiba, banyak diantara penjemput maupun para jemaah haji tidak kuasa menahan air mata. Mereka terharu campur bahagia.

Namun salah satu keluarga dari jemaah haji, harus dibopong karena tiba-tiba pingsan. Penjemput yang pingsan itu merupakan keluarga jemaah bernama Siti Mariam asal Rumbuk Kecamatan Sakra.

Penjemput itu sempat dirawat, namun akhirnya meninggal di tempat perawatan asrama haji. Itulah pertemuan terakhir almarhumah Siti Mariam dengan keluarganya itu. Tangisan pun pecah di ruang poliklinik asrama haji itu.

Di tempat yang berbeda, tangis juga terdengar dari keluarga Mahjaruddin, jemaah haji asal Damas, Kecamatan Suralaga.

Mereka bersedih karena Mahjahruddin meninggal di Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi NTB karena serangan jantung tak berselang lama setelah tiba dari haji di Tanah Air.

 

Reporter : Eko Huda S

Sumber  : Dream

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian PUPR Targetkan Tembus Jalan Perbatasan Kalimantan pada 2019

Posted: 04 Sep 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Balikpapan - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga terus melanjutkan konstruksi jalan paralel perbatasan di Kalimantan sepanjang 1.070 km.

Jalan yang tersambung dari Kalimantan Barat (Kalbar) hingga Kalimantan Utara (Kaltara) ini ditargetkan bisa tembus pada 2019.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII, Refly Ruddy Tangkere menyatakan, pihaknya membutuhkan banyak dukungan dalam pengerjaan jalan perbatasan ini sehingga segala kebutuhan pembangunan dapat terpantau.

"Secara umum, memang banyak dukungan yang perlu kita butuhkan, termasuk dalam hal pendanaan. Kemudian ada banyak kendala di sana, seperti medan, teknis dan non-teknis," papar dia di Balikpapan, Rabu (5/9/2018).

Dia menyampaikan, medan pengerjaan yang sulit menjadi kendala teknis utama yang harus dihadapi. Secara non-teknis, ia melanjutkan, ada beberapa hal yang harus dihadapi seperti kultur budaya masyarakat setempat dan cuaca ekstrim di lokasi.

"Cuaca cenderung ekstrim dalam beberapa bulan terakhir. Tapi sekarang agak sedikit masuk ke musim panas," kata dia.

Refly pun meyakini, kualitas jalan paralel perbatasan di Kalimantan ini kelak akan setara dengan standar milik Bina Marga Kementerian PUPR. "Saya rasa kualitasnya sama. Bisa dilihat seperti bagaimana di jalan tol, jalan di jembatan seperti di Pulau Balang, kemudian jalan nasional kita," tutur dia.

Terkait pembukaan lahan yang sebagian besar terdiri dari hutan belantara, ia mengatakan, Kementerian PUPR telah bekerjasama dengan pihak Zeni TNI AD sejak 2016.

Sementara itu, Refly juga menargetkan, pada akhir tahun ini tinggal tersisa 126 km di Kaltara dan 58 km di Kaltim jalan yang belum tembus dari total panjang 1.070 km. "Diharapkan tembus (seluruhnya) di 2019," ujar dia.

 

 

Benahi Kawasan Perbatasan Entikong Dongkrak Kegiatan Ekonomi

Kawasan perbatasan Entikong (Foto: Dok Kementerian PUPR)

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR) telah menyelesaikan pembangunan tahap satu tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN).

Selanjutnya, saat ini diselesaikan pembangunan tahap kedua pengembangan Zona Sub Inti dan Pendukung PLBN. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono  mengatakan, pembangunan kawasan perbatasan tidak hanya untuk pos lintas batas saja, namun juga jalan paralel perbatasan, jalan akses menuju pos lintas batas dan pengembangan infrastruktur permukiman di kawasan perbatasan.

Pengembangan infrastruktur itu antara lain pembangunan jalan lingkungan, drainase, pengelolaan sampah, air minum dan lainnya.

"Pembangunan PLBN tidak hanya sebagai gerbang masuk, namun menjadi embrio pusat pertumbuhan ekonomi wilayah yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat perbatasan," ucap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Senin 20 Agustus 2018.

Salah satu titik perbatasan yang kini gencar ditingkatkan konektivitas jalan akses PLBN ialah di Entikong, Kalimantan Barat (Kalbar).

Saat ini Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pelebaran dan perbaikan jalan sepanjang 42 km dari Batas Serawak-Entikong-Balai Karangan-Kembayan. 

Pelebaran jalan dilakukan dari 6 meter menjadi 7,5 meter sesuai dengan standar jalan nasional. Progres hingga saat ini sepanjang 40,70 km sudah teraspal. 

Sementara itu, dari total 42 km, sepanjang 4,8 km dilakukan penambahan jalan menjadi 4 lajur dari arah PLBN. Dari jumlah itu, 3,10 kilometer lahan sudah dikerjakan dan 2,35 km sudah teraspal.  

Total kontrak pelebaran jalan tersebut sebesar Rp 449 miliar dengan kontraktor PT Wijaya Karya-Istaka Karya-Daya Mulia Turangga (KSO). Pekerjaan yang dimulai sejak 2015 tersebut ditargetkan selesai pada akhir 2018 ini.

Selain itu juga dikembangkan infrastruktur permukiman di kawasan Entikong, terutama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) 90 liter per detik antara lain untuk melayani 2.850 Sambungan Rumah.

Pengadaan dan pemasangan septictank komunal kapasitas sebanyak 38 unit untuk menambah layanan sanitasi. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nyaris Tertimpa Sial, 9 Orang Ini Buktikan Mukjizat Itu Ada

Posted: 04 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang pasti tak mau mengalami nasib sial dalam hidup mereka. Namun, pada setiap nasib buruk kadang selalu ada bantuan yang bisa kita anggap sebagai mukjizat dari Tuhan.

Sejumlah orang ini misalnya, berhasil selamat setelah nyaris alami situasi mengerikan yang membuat mereka cedera bahkan hampir kehilangan nyawa.

Dilansir dari Brightside, berikut sembilan potret orang selamat dapat mukjizat setelah hampir mengalami kecelakaan.

1. Untung enggak sampai ambruk

(Foto: © Brightside) Kalau sampai ambruk ngeri banget nih.

2. Merinding lihatnya

(Foto: © Brightside) Masih dikasih kesempatan kedua untuk hidup.

3. Nyaris kena

(Foto: © Brightside) Nyaris kena roda pesawat

4. Pentingnya pakai atribut keselamatan saat bekerja

(Foto: © Brightside) Pentung banget pakai helm saat di proyek.

5. Beruntung enggak sampai jatuh

(Foto: © Brightside) Untung mobilnya gak samapi jauh.

6. Cuman luka sedikit

(Foto: © Brightside) Hanya kegores dikit, kalau sampai kena nggak kebayang sakitnya.

7. Momennya bisa bertepatan sekali

(Foto: © Brightside) Dua peluru pistol yang bertabrakan bisa menyelamatkan dua nyawa manusia

8. Ngeri kalau sampai tenggelam

(Foto: © Brightside) Beda ceritanya kalau sampai tenggelam.

10. Bersyukur enggak kena mobil atau menimpa orang

(Foto: © Brightside) beruntung gak sampai kena mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berjasa Mengentaskan Perdagangan Manusia, Mantan TKI Dapat Penghargaan dari AS

Posted: 04 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang perempuan mantan tenaga kerja atau pekerja migran Indonesia (TKI atau PMI) asal Wonosobo, Jawa Tengah menerima penghargaan dari pemerintah Amerika Serikat atas kiprahnya di bidang pengentasan perdagangan manusia.

Maizidah Salas (42) merupakan satu dari 10 orang dari penjuru dunia yang menerima penghargaan '2018 TIP (Trafficking in Persons) Report Heroes' dari Kementerian Luar Negeri AS.

Ke-10 orang itu dianggap oleh AS sebagai pahlawan yang mendedikasikan hidup mereka untuk mengakhiri perdagangan manusia, meski sering dengan mempertaruhkan nyawa mereka.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan Penasihat Kepresidenan AS Ivanka Trump (yang juga merupakan putri Presiden Donald Trump) menganugerahkan langsung piagam '2018 TIP Report Heroes' kepada Maizidah dan sembilan orang lainnya di Washington DC pada 28 Juni 2018 lalu.

"Menggunakan pengalamannya sebagai mantan pekerja migran yang selamat dari perdagangan manusia, (Maizidah) Salas memelopori pendirian Kampung Buruh Migran, sebuah komunitas yang memberikan pelatihan keterampilan dan dukungan kepada individu dan keluarga mereka yang bermigrasi untuk peluang ekonomi dan yang bekerja untuk meningkatkan kesadaran tentang perdagangan manusia di antara populasi rentan ini," Kemenlu AS dalam laporannya menggarisbawahi kiprah Maizidah.

"Organisasinya mempekerjakan mantan pekerja migran, termasuk korban perdagangan manusia, untuk memberikan pelatihan tentang praktik migrasi yang aman, pemberdayaan ekonomi, dan pendidikan anak usia dini bagi mereka yang bekerja atau mempertimbangkan bekerja di luar negeri. Organisasinya menjadi model percontohan di Indonesia," lanjut laporan tersebut.

Pada waktu dan kesempatan terpisah, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan Jr juga menegaskan kembali apresiasi pemerintah Negeri Paman Sam atas kiprah Maizidah.

Duta Besar AS untuk RI Joseph Donovan (kiri) memberikan penghargaan kepada Maizidah Salas (tengah) atas prestasinya menerima 2018 TIP Report Heroes. Turut disaksikan oleh Deputi Menteri Kementerian PPPA Vennetia Danes (4/9/2018) (Liputan6.com)

"Sangat bangganya kami, Kedutaan AS di Jakarta, untuk menegaskan kembali penghargaan yang diberikan Menlu Pompeo kepada Maizidah Salas atas kontribusinya di bidang pengentasan perdagangan manusia," kata Donovan usai memberikan piagam penghargaan tersendiri dari Kedutaan AS di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

"Maizidah sangat layak menerima penghargaan ini. Ia sudah bekerja untuk memberikan pemberdayaan bagi pekerja migran Indonesia, dan memberikan penyadaran atas isu perdagangan manusia terhadap populasi pekerja migran Indonesia," tambahnya.

Dalam kesempatan yang ama, Maizidah mengatakan bahwa penghargaan itu menjadi sebuah kebanggaan bagi dirinya, karena ada pihak yang pada akhirnya "mengakui dan menghargai jerih payah saya, yang telah saya lakukan sejak hampir satu dekade terakhir."

"Ini juga menjadi bentuk apresiasi bagi teman-teman saya para buruh dan buruh migran Indonesia ... Semoga ini menjadi inspirasi bagi teman-teman di Kampung Migran, rakyat Indonesia, dan dunia untuk melawan perdagangan manusia," tambah Maizidah.

US TIP Report 2018

Pengumuman penghargaan yang diterima Maizidah pada Juni lalu bertepatan dengan rilis kajian tahunan rutin Kemlu AS yang membahas isu perdagangan manusia di dunia (dan sejumlah isu turunannya atau yang berkaitan), yang bernama 'Trafficking in Persons (TIP) Report 2018, US State Department'.

Pengkategorisasian itu mengacu pada ketentuan yang diatur dalam 'Protocol to Prevent, Suppress and Punish Trafficking in Persons, especially Women and Children', yang merupakan suplemen untuk Convention Against Transnational Organised Crime PBB pada tahun 2000.

Di Tier 1 atau tingkatan pertama merupakan kategori negara yang memiliki upaya terbaik untuk menghapuskan perdagangan manusia. Sedangkan Tier 3 merupakan yang terburuk.

Menurut laporan itu, jika sejumlah negara di Tier 3 terus memaksimalkan upaya penghapusan perdagangan manusia, mereka layak untuk naik ke tingkatan yang lebih tinggi, yakni ke 'Tier 2 Watch List', Tier 2, hingga ke Tier 1.

Sebaliknya, jika sejumlah negara di Tier 1 mengendurkan upaya penghapusan perdagangan manusia --dan diikuti peningkatan kuantitas kasus kejahatan itu, maka status mereka akan turun ke level yang lebih rendah.

Menurut laporan TIP, negara-negara yang masuk dalam Tier 3 "tidak memenuhi ketentuan standar minimum maupun melakukan upaya yang signifikan untuk menghapuskan fenomena perdagangan manusia. Maka, negara itu yang semula berada di Tier 2, diturunkan menjadi Tier 3, tingkatan terendah."

Berdasarkan laporan TIP 2018, negara yang masuk dalam Tier 3 dituduh terlibat dalam aktivitas seputar perdagangan manusia dan perbudakan modern. Aktivitas itu meliputi, jual-beli manusia (anak, perempuan, dan laki-laki), tenaga kerja paksa, perdagangan dan eksploitasi manusia untuk kepentingan seksual, serta sistem kerja paksa yang disponsori pemerintah.

Selengkapnya laporan US TIP 2018 dalam tautan berikut: https://www.state.gov/documents/organization/282798.pdf

 

Simak juga video pilihan berikut:

Indonesia di Tier 2

(ilustrasi) Poster bertuliskan 'Stop Human Trafficking' saat aksi protes di depan Kemenaker, Jakarta, Jumat (9/12). Sejumlah aktivis mendesak Pemerintah memperbaiki kebijakan penempatan buruh migran anak buah kapal asing di luar negeri. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Indonesia masuk dalam kategori Tier 2 menurut TIP 2018. Posisi Tanah Air mengalami stagnasi sejak 2010.

"Pemerintah Indonesia belum memenuhi standar minimum upaya penghapusan trafficking. Namun, mereka melakukan langkah yang signifikan," jelas laporan yang ditulis oleh TIP 2018 tentang hasil kajiannya mengenai Indonesia.

"Mereka menunjukkan langkah nyata dibanding tahun sebelumnya, dengan mempidanakan sejumlah pelaku perdagangan manusia, pengembangan SDM sistem peradilan pidana yang menangani kasus tersebut, peningkatan kesadaran dan pemberdayaan komunitas, serta membentuk skema dan mekanisme prosedur identifikasi korban," tambah laporan tersebut.

Laporan itu juga mengapresiasi upaya Kepolisian RI dalam membentuk Rencana Aksi Nasional Penghapusan Perdagangan Manusia 2015 - 2019.

Mengomentari tentang posisi Indonesia di TIP 2018, Deputi Bidang Perlindungan Hak Perempuan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Vennetia Danes mengatakan bahwa pemerintah terus melakukan upaya untuk terus mengentaskan secara utuh isu perdagangan manusia.

"Kita berusaha, bekerja di dalam negeri dan bekerja sama dengan negara lain, termasuk Amerika Serikat untuk memerangi tindak pidana perdagangan manusia. Butuh kerja keras dan upaya lebih untuk bisa naikke Tier 1. Tapi seiring waktu kita mulai menuju ke sana," kata Vennetia di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph Donovan Jr mengatakan bahwa pemerintah Amerika akan terus bekerja erat dengan pemerintah RI "guna bersama-sama mengentas dan memberantas isu perdagangan manusia, tak hanya di Indonesia, namun juga kawasan dan dunia."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengakuan Segelintir Wakil Rakyat yang Tersisa di Gedung DPRD Kota Malang

Posted: 04 Sep 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Malang - Subur Triono duduk sendirian di ruang Komisi A DPRD Kota Malang, Jawa Timur. Ia datang ke gedung wakil rakyat untuk menandatangani sejumlah dokumen perjalanan dinas. Hasil perjalanan dinas yang seharusnya diambil bersama koleganya beberapa hari silam.

Tak ada aktivitas berarti di gedung DPRD Kota Malang hari itu. Sebab dari total 45 anggota dewan, 41 anggota sudah ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait kasus suap saat pembahasan APBD Perubahan 2015.

"Ini tadi datang hanya untuk tanda tangan surat perjalanan dinas. Sekarang ya tidak ada aktivitas apa–apa," kata Subur di Malang, Selasa, 4 September 2018.

Subur Triono (PAN), Priyatmoko Oetomo (PDI-P), Tutuk Haryani (PDI-P), Abdulrahman (PKB), dan Nirma Cris Nindya dari (Hanura) adalah anggota dewan tersisa. Tiga nama pertama duduk di kursi dewan sejak dilantik sebagai anggota DPRD Kota Malang periode 2014–2019.

Dua nama terakhir merupakan anggota baru, hasil Pergantian Antar Waktu (PAW). Abdulrahman menggantikan koleganya Rasmuji yang meninggal dunia pada 2017. Ia kemudian juga dilantik sebagai Ketua DPRD Kota Malang.

Sedangkan Nirma Cris Nindya menggantikan Ya'qud Ananda Gudban yang mundur lantaran maju sebagai calon Wali Kota Malang pada Pilkada 2018. Ya'qud sendiri kemudian turut dijadikan tersangka oleh KPK.

"Saya sekarang ini mengalir saja. Mengikuti proses rekan–rekan yang sedang menjalani proses hukum," ujar Subur.

Ia tahu detail kasus yang membuat rekan–rekannya diseret KPK sebagai pesakitan. Termasuk paham aliran suap dari Pemkot Malang ke anggota DPRD Kota Malang sebagaimana sangkaan penyidik. Ia pernah menerima uang suap itu dan segera mengembalikannya melalui KPK.

"Lupa kapan mengembalikannya (uang suap). Kalau menjelaskan lebih detail bukan kewenangan saya di publik. Saya sampaikan saat jadi saksi di persidangan," ujar Subur.

Ia sendiri saat ini masih berstatus saksi dalam kasus suap APBD-P 2015. Dalam waktu dekat, Subur akan menjadi saksi dalam persidangan 18 anggota DPRD Kota Malang yang menjalani persidangan di Pengadilan Tipikor Surabaya. Ia juga pasrah atas apa pun yang terjadi nantinya.

"Sebagai warga negara, tentu akan mengikuti semua proses hukum yang berjalan," tutur Subur.

Percepatan PAW

Tak ada aktivitas berarti di dalam gedung DPRD Kota Malang (Liputan6.com/Zainul Arifin)

Jika Subur datang untuk menandatangani surat perjalanan dinas, aktivitas berbeda dilakukan Ketua DPRD Kota Malang, Abdulrahman. Ia datang ke gedung dewan untuk menemui sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menyampaikan aspirasinya.

"Tadi ada PKL yang ingin bertemu. Selain itu, ini ke kantor juga karena harus memenuhi permintaan wawancana media," kata Abdulrahman.

Soal kekosongan kekuasaan di parlemen lantaran 41 anggota ditahan KPK, Abdulrahman berharap wacana diskresi dari Kementerian Dalam Negeri bisa cepat terealisasi. Rencana PAW mereka oleh masing–masing partai politik juga diharapkan bisa dipercepat.

"Agar fungsi dewan bisa kembali pulih seperti semula. Kalau tidak, bisa berdampak buruk untuk pembangunan di Kota Malang," ujar Abdulrahman.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

10 Ribu Personel Jaga Asian Para Games 2018

Posted: 04 Sep 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 10 ribu personel gabungan Polri-TNI akan diterjunkan untuk mengamankan Asian Para Games 2018. Helatan olahraga itu akan digelar di Jakarta pada tanggal 6 hingga 13 Oktober, mendatang.

"Perkuatan yang kita libatkan kurang lebih 10 ribu (personel), dibackup oleh Pangdam Jaya untuk melaksanakan pengamanan Asian Para Games," kata Kapolda Metro Jaya Idham Azis di Mapolda, Rabu (5/9/2018).

Menurut dia, pertandingan Asian Para Games hanya digelar di Jakarta. Cuma 14 cabang olahraga yang dilombakan.

Perbedaan skala pelaksanaan Asian Para Games dan Asian Games membuat polisi melakukan penyesuaian strategi pengamanan.

"Kalau sekarang fokus sekitar GBK. Atlet dan official yang datang juga gak banyak. Kemudian cabor nggak banyak, kalau saya nggak salah 14," beber Idham.

 

 

Minta Partisipasi Masyarakat

Yang jelas, ia meminta masyarakat turut membantu menjaga keamanan. Di tempat yang sama, Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Joni Supriyanto mengatakan, Polri dan TNI telah memiliki pengalaman saat mengamankan Asian Games 2018.

"Ini jadi langkah awal dan kegiatan yang bagus bagi kita ke depan untuk lakukan kerjasama dan tugas dari awal. Sekali lagi kita harapkan dukungan dari masyarakat Jakarta, pers bagaimana visi misi yang diembankan untuk kami negara ini bisa berjalan sukses," kata Joni.

Reporter: Ronald 

Saksikan video pilihan di bawah ini 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dua Lipa Dipastikan Berkolaborasi dengan Blackpink

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi asal Inggris Dua Lipa baru saja mengonfirmasi bahwa dirinya akan berkolaborasi dengan girl group asal Korea Selatan Blackpink. Hal ini ia umumkan melalui akun Twitternya @DUALIPA pada Senin (03/09) lalu.

Pada cuitan tersebut, Dua Lipa menyertakan daftar lagu yang akan masuk dalam album barunya Dua Lipa.

Lagu kolaborasinya dengan Blackpink yang berjudul "Kiss and Make Up" akan masuk pada disc kedua dari album tersebut.

Pelantun "New Rules" ini menulis "Sangat bersemangat merilis edisi super deluxe dari albumku pada 19 Oktober dengan 3 LAGU BARU!! Anggap ini adalah hadiah kecil untuk menutup siklus album ini. Terima kasih atas semua cinta dan dukungannya," tulis wanita 23 tahun tersebut. Pada cuitan tersebut Dua Lipa juga menyematkan beberapa emotikon sebagai ungkapan rasa gembiranya. 

Sebelumnya, Dua Lipa juga sempat memberikan isyarat soal kolaborasinya Blackpink.

Isyarat Dua Lipa

(Twitter/ @DUALIPA)

Saat ditanya mengenai album selanjutnya oleh seorang warganet, Dua Lipa membalas. "Beberapa lagu yang kalian sudah kenal dan inginkan. Ada satu hal yang kalian belum tahu tapi aku sangat bersemangat untuk membagikannya dengan kalian. Ada beberapa kolaborasi," tuturnya kala itu. 

Pada cuitannya itu, Dua Lipa menyertakan dua emoji hati berwarna hitam dan merah. Warganet pun langsung menebak-nebak siapa musisi yang akan berkolaborasi dengan Dua Lipa. Tak sedikit juga penggemar yang langsung menerka bahwa Blackpink adalah musisi yang diisyaratkan Dua Lipa.

 

Sempat Bertemu

Dua Lipa dan BLACKPINK (Foto: Instagram/blackpinkofficial)

Empat bulan yang lalu, Dua Lipa dan dua anggota Blackpink, Jennie dan Lisa, sempat bertemu saat konser Dua Lipa di Seoul, Korea Selatan. Pertemuan ini dibadikan dalam Instagram Dua Lipa. Keterangan foto tersebut berbunyi "IN YOUR AREA @blackpinkofficial", ditambah emotikon hati dan bendera Korea Selatan.

"In Your Area" sendiri merupakan kata-kata khas Blackpink dari lagu hits mereka, "Boombayah.

Selain itu, Jennie yang merupakan rapper dari grup musik tersebut juga pernah menyanyikan lagu "New Rules" Dua Lipa saat menjadi bintang tamu radio SBS Youngstreet. (Felicia Margaretha/ mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Tetap Beri Bonus Atlet Tanpa Medali Asian Games 2018

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Jakarta - Pemerintah tetap mengapresiasi para atlet yang gagal menyumbang medali di Asian Games 2018. Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengungkapkan para atlet tersebut bakal memperoleh uang Rp 20 juta.

Pemberian apresiasi itu secara seremonial diberikan Menpora kepada atlet voli Indonesia saat acara bermain bulutangkis bersama dengan beberapa atlet dan artis di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

"Bonus ini berupa uang sebesar Rp 20 juta per orang. Kami pemerintah dan kita semuanya harus menghargai perjuangan mereka yang sudah berkorban, perjuangan dan semua sudah dipertaruhkan," kata Menpora, seperti dilansir situs Kemenpora. 

"Terima kasih atas kerja keras dan pengorbanan kalian. Kalian sudah memberikan inspirasi kepada masyarakat Indonesia tentang sikap pantang menyerah dan sportivitas olahraga baik saat meraih kemenangan maupun belum meraih kemenangan," dia menambahkan.

Menpora juga menjelaskan langkah-langkah Indonesia untuk mewujudkan harapan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Kemenpora akan membentuk tim untuk melakukan lobi-lobi pada negara anggota IOC.

"Nanti di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi momentum awal untuk memberi tahu kepada masyarakat dunia bahwa Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games yang sukses. Sukses penyelenggaraan, prestasi dan membina kesan kepada seluruh tamu - tamu yang pernah datang ke Indonesia," ucapnya.

"Indonesia mampu menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Nanti KOI akan melakukan banyak hal sebagai bagian dari kepanjangan tangan pemerintah untuk meyakinkan IOC dan seluruh negara-negara peserta. Saya juga mendapat informasi bahwa kejuaraan dunia akan di gelar di venue-venue setelah Asian Games. Ini sebagai bagian dari tindak lanjut dari peta jalan yang harus kita laksanakan setelah Asian Games," kata Menpora.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ngeri, Celah Android Mungkinkan Hacker Pantau Lokasi Smartphone

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah celah di Android rupanya bisa membuat aplikasi jahat dan malware menembus mendapatkan berbagai akses untuk mencuri berbagai informasi dari perangkat.

Sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Softpedia, Rabu (5/9/2018), salah satu informasi penting yang bisa diperoleh penyebar malware (hacker jahat) adalah mengetahui lokasi perangkat.

Berdasarkan temuan Nightwatch Cybersecrity, kerentanan ini mempengaruhi seluruh versi OS Android kecuali Android Pie yang dirilis belum lama ini.

Lubang keamanan yang dimaksud masuk dalam kode CVE-2018-9489 dan tampaknya belum diperbaiki dengan serangkaian update terbaru.

"Vendor memperbaiki masalah di Android Pie. Karena ini akan melanggar perubahan API, vendor tidak berencana untuk memperbaiki versi Android sebelumnya. Oleh karenanya, pengguna disarankan untuk meng-update perangkatnya ke OS Android Pie atau yang lebih baru," demikian pernyataan dari para peneliti di Cybersecurity Nightwatch.

Penelitian tersebut juga mengindikasikan bahwa aplikasi jahat maupun malware bisa mengetahui berbagai sistem guna melewati pemeriksaan izin dan mendapatkan akses ke informasi perangkat tertentu.

Diperbaiki di Android Pie

Mazar, malware yang mampu hapus data smartphone lewat SMS (Foto: PhoneArena)

Malware yang masuk melalui celah keamanan tersebut bisa membaca berbagai informasi penting di perangkat.

Informasi yang dimaksud antara lain jaringan WiFi yang digunakan, alamat IP lokal, informasi server DNS, hingga MAC address.

Untuk itulah, para peneliti memperingatkan, dengan terbukanya celah ini, makin banyak aplikasi jahat atau malware yang bisa menyusup, salah satunya yang bertujuan mengetahui lokasi perangkat.

"Karena MAC address tidak berubah dan selalu menempel pada perangkat, hal ini bisa dipakai untuk mengidentifikasi dan melacak berbagai informasi perangkat Android, meskipun MAC address-nya digunakan secara random," kata peneliti keamanan.

Selain itu, menurut dia, nama jaringan atau BSSID bisa digunakan untuk menemukan lokasi pengguna. Informasi jaringan nantinya bisa digunakan oleh aplikasi jahat untuk menyerang jaringan WiFi.

Sudah Dilaporkan ke Google

Head of Android Google Sundar Pichai mengatakan jika ia berada di bisnis menciptakan malware, ia kemungkinan akan menargetkan Android juga.

Celah keamanan ini sebelumnya pernah dilaporkan ke Google pada Maret 2018.

Google pun telah mengembangkan update untuk perbaikan, namun hanya bisa berguna untuk perangkat-perangkat Android terbaru.

Oleh karenanya, satu-satunya cara untuk mengamankan diri adalah dengan memperbarui perangkat ke OS Android Pie.

Sayangnya hal ini mungkin agak sulit dilakukan karena tidak semua perangkat mendukung update ke OS Android Pie.

Saat ini kebanyakan pabrikan smartphone mulai memiliki rencana untuk merilis pembaruan Android Pie buat perangkatnya. Sayangnya, dibutuhkan beberapa bulan hingga distribusi update Android Pie bisa dilakukan.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

[vidio:(VIDEO) Revisi Fenomena Rooting dan Malware di Android]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alex Sandro Jadi Tumbal Ambisi Juventus Datangkan Marcelo?

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juventus dilaporkan tengah membangun skuat untuk bersaing di kompetisi domestik dan Eropa. Berbagai cara mereka lakukan untuk mendatangkan pemain anyar, salah satunya dengan menukar Alex Sandro dengan Marcelo dari Real Madrid.

Marcelo memang dikaitkan dengan Juventus pada bursa transfer musim panas tahun ini. Menurut laporan Tuttosport, Rabu (5/9/2018) kegagalan Juventus merekrut Marcelo di musim panas tidak melunturkan semangat mereka mendatangkan bek sayap asal Brasil itu.

Pada bursa transfer pertengahan musim, menurut Tuttosport, Juventus akan melepas Alex Sandro demi mendapatkan Marcelo dari Los Blancos. Kemungkinan tersebut terbuka lebar setelah melihat gelagat Marcelo yang tidak betah di Real Madrid.

"Kedua klub diyakini akan mempertimbangkan pertukaran pemain, meskipun kemungkinan tukar-tambah masih harus dilihat," demikian kutipan laporan Tuttosport.

Alex Sandro saat ini baru berusia 27 tahun, merupakan aset potensial untuk dimiliki Real Madrid yang berencana membangun skuat berbasis pemain muda. Sementara Marcelo sudah berusia kepala tiga, cocok dengan Juventus yang mengkhendaki pemain matang.

Marcelo juga diyakini akan membuat peran Cristiano Ronaldo semakin menonjol. Sejak 2008, Marcelo dan Ronaldo menghabiskan hampir 10 tahun bermain bersama untuk Los Blancos sehingga kepindahannya ke Juventus akan memudahkan adaptasi CR7.

(David Permana)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Liburan di Bali, Pria Australia Derita Kelumpuhan

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang pria Australia memperjuangkan hidupnya setelah terkena sebuah penyakit pasca mengunjungi Bali. Ayah tiga anak itu mengalami Sindrom Guillain-Barre.

Melansir New York Post pada Rabu (5/9/2018), sebelum didiagnosa terkena Sindrom Guillain-Barre, Craig Hardy (52) awalnya mengira dia menderita "Bali Belly" sebuah istilah lain untuk diare yang dialami para wisatawan asing di sana. Pria itu dirawat di rumah sakit sejak Juni.

Hardy kemudian membawa dirinya ke Rumah Sakit Royal Perth, Australia, ketika sadar bahwa gejalanya memburuk. Menurut kakak iparnya kepada news.com.au, Hardy mengalami kelumpuhan selama 15 menit.

"Mereka membawanya langsung ke Unit Gawat Darurat dan malam itu ia lumpuh dari kepala hingga ujung kaki dan dalam keadaan koma yang diinduksi," kata Deborah Hardy.

Sepuluh minggu kemudian, keluarganya diberitahu bahwa Hardy mengalami Sindrom Guillain-Barre. Mereka mengatakan, pria tersebut bisa sedikit menggerakkan kepalanya, namun tidak ada ekspresi di wajahnya dan tidak bisa berbicara. Dia menggunakan sebuah papan dan berkedip untuk mengeja kalimatnya.

"Dia benar-benar sadar dan terbaring di sana tetapi dia tidak dapat bergerak," ujar Deborah.

"Pikirannya seratus persen sempurna, tetapi dia terperangkap, itu seperti dikubur hidup-hidup. Sesekali dia mendapat perasaan tenggelam karena cairan di paru-parunya, yang harus dipompa keluar, tapi dia tidak bisa mengatakan apa-apa," tambahnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

Sindrom Guillain-Barre

Sindrom Guillain-Barre menyebabkan kelumpuhan (iStockphoto)

Menurut Mayo Clinic, Sindrom Guillain-Barre adalah gangguan langka yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang saraf pasien. Gejala biasanya dimulai dengan kesemutan dan kelemahan pada kaki dan tungkai sebelum menyebar ke atas.

Hal ini membuat gaya berjalan menjadi tidak stabil, rasa sakit yang parah, kesulitan dengan fungsi pencernaan atau kontrol kandung kemih dan kesulitan bernapas.

Walaupun tidak diketahui penyebab pasti penyakit itu, Guillain-Barre sering didahului dengan penyakit menular.

Kelemahan otot bisa berkembang menjadi kelumpuhan. Belum ada obat untuk penyakti ini, namun beberapa perawatan bisa membantu mengurangi gejala dan durasi penyakit. Sementara, beberapa pasien mengalami efek yang cukup lama.

Hardy sendiri diperkirakan memerlukan waktu dua tahun untuk pulih dari penyakitnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengharukan, Mempelai Wanita Dansa dengan Sang Ayah di Rumah Sakit

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Momen mengharukan tercipta saat sang mempelai wanita berdansa dengan sang ayah di sebuah rumah sakit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aksi Kemanusiaan Bantu Trauma Gempa di Lombok

Posted: 04 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa berkekuatan 7,0 magnitudo yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) meninggalkan duka mendalam bagi segenap bangsa ini. Gempa beruntun yang terjadi selama beberapa pekan telah meluluhlantakkan sejumlah sektor vital kehidupan masyarakat, dan menelan korban.

Sampai masa rehabilitasi ini, sebanyak lebih dari 300 ribu masyarakat masih mengungsi di sejumlah titik pengungsian. Tidak hanya kehilangan materi dan keluarga, korban gempa Lombok juga mengalami trauma.

Sebagai bentuk kepedulian kepada korban bencana Lombok, K-Link Care Foundation memberikan terapi trauma dan donasi logistik. Bantuan logistik berupa bahan makanan, sarung, selimut, handuk, dan kebutuhan mandi dibagikan ke wilayah Lombok dan Bima, Sumbawa.

Pemerintah pusat dan daerah NTB selalu berkoordinasi memantau perkembangan gempa di sana, terutama kebutuhan masyarakat pengungsi yang dirasakan penting dan mendesak. Salah satunya kebutuhan terpal untuk membangun tenda sebagai tempat tinggal sementara yang masih dirasakan sangat kurang.

 

Trauma gempa Lombok

Seorang ibu hamil yang sudah pembukaan 4 di tenda pengungsian Kabupaten Lombok Timur, NTB. (Liputan6.com/Sunariyah)

Kekhawatiran terjadinya gempa susulan  memang masih menghantui warga masyarakat. Sebagian besar warga belum berani tidur di rumah masing-masing. Mereka memilih tidur di tenda pengungsian di lapangan terbuka.

Selain memberikan donasi dalam bentuk bantuan logistik, para korban gempa Kombok juga diberi dukungan dalam bentuk trauma healing, khususnya kepada anak-anak di lokasi pengungsian.

 

Bangkit pasca gempa Lombok

Berikut aksi kemanusiaan yang bantu penyembuhan trauma gempa di Lombok. (Foto: Dok. K-Link)

Kegiatan kemanusiaan ini juga mendirikan dapur umum dan memasak kebutuhan pengungsi. Berharap masyarakat korban gempa Lombok dapat kembali bangkit dan melanjutkan kehidupan mereka dengan baik.

"Gempa bumi Lombok menimbulkan keprihatinan  kita semua. Kami berupaya memberikan respon cepat untuk membantu saudara-saudara kita di lokasi bencana. Semoga masyarakat Lombok terus diberikan kesabaran dan musibah ini segera berakhir dan tertanggulangi dengan cepat dan tepat," kata Radzi Saleh presiden direktur K-Link Indonesia seperti rilis yang diterima Liputan6.com, Rabu (5/9/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Tahu Ada Uang Suap di Mejanya, Hakim Merry Minta KPK Periksa CCTV

Posted: 04 Sep 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hakim ad hoc Tipikor Pengadilan Negeri Medan Merry Purba mengaku tak tahu-menahu soal asal muasal uang yang ditemukan penyidik KPK di meja kerjanya. Dia pun meminta penyidik untuk memeriksa CCTV di ruangannya untuk mengetahui siapa yang menaruh uang di mejanya.

‎"Kalaupun ada keberadaan uang di meja saya. Kalau memang mau jujur, saya mohon kepada penyidik KPK dengan segala kerendahan hati saya, tolong selidiki CCTV siapa‎ yang masuk ke ruangan saya mulai dari tanggal yang disebutkan itu tanggal 25 (Agustus 2018) karena yang dipertanyakan ke saya kan tanggal 25, sementara tanggal 25 saya tengah kebaktian," ujar Merry di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2018).

Merry mengaku tak tahu hal ihwal uang di mejanya. Untuk itu, dia juga meminta penyidik menelisik sidik jari yang ada di uang tersebut.

"Mohon supaya diambil sidik jari siapa yang menerima uang itu dan siapa yang menempatkan uang itu di meja saya. Tolong berkata jujur," jelas Merry.

Diduga, ada penyerahan uang yang terjadi di ruangan Merry Purba pada Sabtu, 25 Agustus 2018. Uang suap tersebut untuk mempengaruhi putusan majelis hakim di vonis Tamin Sukardi.

"Apakah keberadaan uang di laci saya menjadikan saya tersangka? Saya tanya sekarang," ungkapnya seraya meluapkan kekesalannya.

4 Tersangka

Dalam kasus ini KPK menetapkan Hakim Adhoc Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Medan Merry Purba sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan suap terkait penanganan perkara tindak pidana korupsi di PN Medan.

Selain Merry Purba, KPK juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Yakni Helpandi selaku panitera pengganti PN Medan, Tamin Sukardi selaku pihak swasta serta Hadi Setiawan yang merupakan orang kepercayaan Tamin.

Tamin yang merupakan terdakwa yang tengah diadili oleh Merry memberikan SGD 280 ribu kepada Merry untuk mempengaruhi putusan perkara korupsi penjualan tanah aset negara.

Tamin divonis Merry pada 27 Agustus 2018 dengan hukuman 6 tahun penjara denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Padahal jaksa menuntut Tamin hukuman 10 tahun penjara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Musim Pancaroba, Nelayan Diimbau Waspada Gelombang Tinggi

Posted: 04 Sep 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan Indonesia mulai memasuki musim pancaroba atau peralihan dari musim kemarau menuju musim hujan. Masyarakat khususnya nelayan pesisir pantai diminta untuk mewaspadai potensi terjadinya hujan lebat, angin kencang, serta gelombang tinggi hingga 4 meter.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menjelaskan, jika ditinjau secara klimatologi, September ini akan mulai memasuki musim transisi atau pancaroba. Secara bertahap akan turun hujan, meskipun belum merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Salah satu karakter hujan di masa pancaroba adalah sangat lebat disertai petir dan angin kencang. Hujan di masa pancaroba berdurasi singkat dan biasanya turun pada siang hari dan menjelang malam hari," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Menurut dia, awal musim hujan akan terjadi pada Oktober sampai Desember 2018, sementara puncak musim hujan terjadi pada Januari-Februari 2019. Namun, setiap wilayah memiliki waktu yang berbeda-berbeda dalam memasuki musim hujan.

Berdasarkan pengamatan BMKG, terdapat aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) atau massa udara basah dan fenomena gelombang atmosfer (Rossby & Kelvin Wave) yang cukup signifikan terjadi di wilayah Indonesia. Akibatnya, terjadi peningkatan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia.

Oleh karena itu, Dwikorita mengimbau masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca yang ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang, terutama antara siang dan menjelang malam hari selama periode tiga hari ke depan.

"Awal musim hujan di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan NTB terjadi pada Oktober 2018. Sementara awal musim hujan di wilayah NTT, Sulawesi, Maluku, dan Papua mulai pada November 2018," ungkap dia.

Di Pesisir

Ilustrasi nelayan. (AFP/SAID KHATIB)

Sementara itu, para nelayan dan masyarakat pesisir juga diminta waspada terhadap potensi gelombang tinggi 2,5-4,0 meter hingga tujuh hari ke depan.

"Gelombang ini diperkirakan akan terjadi di Perairan Bengkulu hingga Barat Lampung, Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Barat Bengkulu Hingga Lampung, Samudra Hindia Selatan Banten," kata dia.

Pada September, di Laut Jawa bagian tengah, Laut Arafuru, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar akan terjadi gelombang setinggi 1,25-2,5 meter. Adapun di Samudra Hindia barat Sumatera, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT gelombang mencapai 2,5-4,0 meter

Untuk Oktober, yaitu Laut Natuna utara, Pesisir Bengkulu, Laut Jawa bagian tengah, Laut Arafuru, Perairan Kepulauan Sermata-Kepulauan Tanimbar diprediksi akan terjadi gelombang setinggi 1,2-2,5 meter.

Potensi gelombang setinggi 2,5-4,0 meter juga berpeluang terjadi di Samudra Hindia barat Sumatera, perairan selatan Jawa-Sumba, Samudra Hindia selatan Jawa-NTT.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Ada Sokongan Kroos dan Bale Diklaim Penyebab Ronaldo Melempem

Posted: 04 Sep 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo masih belum menunjukkan penampilan terbaiknya bersama Juventus musim ini. menurut jurnalis Spanyol, Juanma Rodriguez, bintang asal Portugal itu menurun karena tidak mendapatkan sokongan seperti di Real Madrid.

Pada akhir musim kemarin, Ronaldo berhasil mempersembahkan gelar Liga Champions untuk ketiga kalinya berturut-turut kepada Real Madrid. Namun hal itu tidak membuat sang penyerang meninggalkan Santiago Bernabeu di bursa transfer lalu.

Setelah dikaitkan dengan beberapa klub besar, Ronaldo pun memutuskan untuk berlabuh dengan juara bertahan Serie A, Juventus. Ia diboyong dengan mahar sebesar 100 juta euro, membuatnya menjadi pemain termahal di Italia saat ini.

Kepindahannya pun sempat membuat publik bergejolak, tetapi Juanma tampaknya tidak terkesan dengan pilihan Ronaldo. Ia menganggap keputusan meninggalkan Ronaldo tidaklah tepat karena peraih Ballon D'Or lima kali itu kehilangan 'keluarganya'.

"Saya masih percaya dia adalah pemain terbaik di dunia," ujar Juanma kepada Marca, dikutip dari Calciomercato.

"Tetapi saya pikir tanpa keluarganya yang sesungguhnya, tanpa saudaranya Kross, Casemiro, Benzema, Bale, Ramos, atau Asensio, yang memberikan magisnya, Juventus harus bekerja lebih keras, dan hasilnya sudah terlihat jelas dalam tiga laga pertama yang mereka mainkan bersama dirinya," lanjutnya.

Semakin Pahit

Cristiano Ronaldo menjadi pembelian besar yang dilakukan Juventus pada bursa transfer musim panas ini. (Twitter Juventus)

Juanma juga sedih karena nasib Ronaldo dianggapnya kini tidak jauh berbeda seperti eks Los Merengues lainnya, seperti Mesut Ozil, Robinho, ataupun Angel Di Maria. Rasanya pun semakin pahit jika ia mengingat para pemain Madrid kini sedang bersenang-senang.

"Sedih melihat bagaimana Ronaldo, yang bisa bermain di Madrid hingga umur 45 tahun, mengambil jalan menuju kehampaan yang diambil oleh Robinho, Ozil dan Di Maria," tambahnya.

Seperti Biasa

"Sementara itu, keluarga Los Merengues bertahan bersama dan menikmati sepak bola, tertawa dan mengalahkan semuanya seperti biasanya," tuturnya.

Walaupun Ronaldo belum mencetak gol sejauh ini, namun Juventus tetap mampu meraih kemenangan di tiga laga Serie A kemarin. Berkat itu, skuat asuhan Massimiliano Allegri tersebut kini sedang bertengger di puncak klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

2 Solusi Pemprov DKI untuk Warga Bukit Duri Korban Penggusuran

Posted: 04 Sep 2018 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah menawarkan dua solusi bagi permasalahan lahan warga Bukit Duri, Jakarta Selatan. Mereka menjadi korban penggusuran pada masa Gubernur Basuki Tjahja Purnama atau Ahok.

Warga Bukit Duri kemudian memenangkan gugatan terhadap Pemprov DKI. Pemprov tengah mencari jalan keluar agar warga yang tergusur bisa memiliki lahan pengganti.

Skenario pertama dengan merelokasi korban penggusuran Bukit Duri ke Wisma Ciliwung. "Saya tugaskan Pak Wali Kota untuk Wisma Ciliwung dicek legalnya, karena Pemda bisa bayar hak dasar tanah tersebut bila sudah benar," jelas Saefullah di Balai Kota Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Ia menerangkan, Wali Kota akan memanggil pemilik lahan Wisma Ciliwung. Jika Badan Pertanahan Nasional sudah memastikan status tanah, Pemprov DKI akan menganggarkan biaya pembayarannya di APBD.

Rencana kedua adalah dengan mengambil alih bangunan kolonial yang luasnya lebih dari 1.000 meter persegi. Namun, Pemprov DKI akan terlebih dulu bersurat dengan Kementerian Keuangan.

Harapannya, Kemenkeu bisa menghibahkan bangunan eks kolonial tersebut kepada Pemprov DKI untuk dimanfaatkan korban penggusuran Bukit Duri.

"Kedua itu ada tanah Kemenkeu yang terlantar bangunannya, jaman Jepang atau Belanda, engga kepakai sayang. Kita mau tulis surat, nanti Pak Gub ke Kemenkeu untuk dihibahkan ke Pemprov, sementara dua itu," beber Saefullah.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Del Porto dan Serena Williams Melaju ke Semifinal US Open 2018

Posted: 04 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Juan Martin del Porto memberi pil pahit kepada tuan rumah US Open 2018 setelah merebut tiket semifinal US Open, Selasa (4/9/2018) waktu setempat. Petenis Argentina itu mengalahkan satu-satunya wakil Amerika Serikat yang tersisa, di tunggal putra, John Isner. 

Bertanding di Arthur Ashe Stadium, Del Porto menang 6-7 (5/7), 6-3, 7-6 (7/4), 6-2. Hasil ini sekaligus mengakhiri harapan AS mengakhiri paceklik gelar di tunggal putra sejak 2003.

Tidak mudah bagi Del Porto meraih tiket semifinal. Dia bahkan sempat kehilangan set pertama. Namun dia berhasil bangkit dan bermain cemerlang hingga akhir pertandingan. 

Butuh waktu 3 jam 31 menit bagi Del Porto untuk menundukkan Isner. Sepanjang laga, Del Porto hanya melakukan 14 kesalahan, sementara Isner lebih banyak, yakni 52 kesalahan. 

"Mencapai semifinal di sini, di New York, pada turnamen favorit saya terasa sangat spesial bagi saya," kata Del Porto usai memetik kemenangan kedelapan atas Isner.  

"Menghadapi John (Isner) dalam laga seperti ini sangat epik. Kami bertarung sepanjang laga dan saya bertahan lewat servis yang menjadi kunci kemenangan saya," kata Isner. 

Cuaca panas kembali menjadi tantangan bagi petenis yang tampil di US Open 2018. Suhu di yang mencapai 33 derajat C sangat menguras tenaga para petenis. Beruntung, para pemain masih mendapat kesempatan istirahat selama 10 menit setelah set ketiga. 

"Saya mandi, berbaring di meja dan saya tidak ingin kembali lagi. Cuaca sangat panas untuk bermain tenis," ujar Del Porto sembari bercanda. 

 

 

Williams Jaga Asa Tuan Rumah

Seorang trainer memeriksa pergelangan kaki Serena Williams saat bertanding menghadapi kakanya, Venus Williams di putaran ketiga turnamen tenis AS Terbuka di New York, Jumat (31/8). Serena mengalahkan Venus dengan skor 6-1, 6-2. (AP Photo/Julio Cortez)

Sementara itu, di nomor tunggal putri, wakil Amerika Serikat, Serena Williams berhasil melaju ke semifinal usai mengalahkan petenis Republik Ceko, Karolina Pliskova 6-4 6-3. 

Williams sempat tertinggal 1-3 di set pembuka. Dia melakukan 22 kesalahan. Namun Williams kembali bangkit dan berhasil mengalahkan Pliskova lewat duel yang melelahkan. 

"Para penonton benar-benar mendukung saya dan saya merasa sangat buruk karena semua orang di sini bersorak dan saya tidak menang. Jadi saya pikir saya harus berusaha lebih keras," kata Williams usai pertandingan seperti dilansir dari channelasia.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ekspresi Eni Saragih dan Hakim PN Medan Jelang Diperiksa KPK

Posted: 04 Sep 2018 09:45 PM PDT

Tersangka anggota DPR Komisi VII Eni Saragih (depan) dan Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba (belakang) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diperiksa perdana pascaditahan terkait dugaan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Komisi VII Eni Saragih (depan) dan Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba (belakang) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diperiksa perdana pascaditahan terkait dugaan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Eni Saragih (depan) dan Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba (belakang) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diduga korupsi penanganan perkara di Pengadilan Tipikor Medan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Eni Saragih (depan) dan Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba (belakang) akan menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diduga korupsi penanganan perkara di Pengadilan Tipikor Medan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Komisi VII Eni Saragih bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Eni diduga menerima suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka anggota DPR Komisi VII Eni Saragih bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Eni diduga menerima suap proyek pembangunan PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diperiksa perdana pascaditahan terkait dugaan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba bersiap menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diperiksa perdana pascaditahan terkait dugaan suap. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba menjawab pertanyaan wartawan sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diduga menerima suap putusan penanganan perkara di Pengadilan Tipikor Medan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka Hakim Adhoc Tipokor PN Medan Merry Purba menjawab pertanyaan wartawan sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (5/9). Merry diduga menerima suap putusan penanganan perkara di Pengadilan Tipikor Medan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polisi Bongkar Praktik Penyuntikan Gas Melon di Bogor

Posted: 04 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Jajaran Polres Bogor menyita ratusan tabung gas elpiji di sebuah gudang penyuntikan gas elpiji 3 kg ke tabung 12 kg dan 50 kg di Desa Dayeuh, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tiga pelaku, salah satu di antaranya pemilik agen gas diamankan petugas. Ketiga pelaku antara lain MP (42), ED (28), dan HR (37).

Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky mengatakan, pelaku memindahkan isi tabung gas elpiji bersubsidi ke dalam tabung 12 kg dan 50 kg sehingga mendapat keuntungan jauh lebih besar.

"Tabung gas 12 dan 50 kg dijual dengan harga sama," kata Dicky, Rabu (5/9/2018).

Temuan ini bermula dari kecurigaan petugas terhadap kelangkaan gas elpiji 3 kilogram di wilayah Cileungsi.

Polisi kemudian menelusuri jalur distribusi tabung gas melon di wilayah tersebut dan menemukan adanya indikasi pembelian sekaligus penimbunan gas melon dalam jumlah besar.

"Tempat itu berupa pangkalan gas," ujar Dicky.

Setelah melakukan pemeriksaan, di dalam pangkalan tidak hanya menyimpan dan menjual tabung gas 3 kilogram dan 12 kilogram. Namun juga tempat pelaku menyuntikkan isi tabung gas bersubsidi ke dalam tabung 12 kg dan 50 kg.

"Saat digerebek para pelaku sedang melakukan aktivitas penyuntikkan isi gas elpiji," ujar Dicky.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Sita Ratusan Tabung Gas

Polisi bongkar praktik penyuntikan gas melon di Bogor. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Polisi menyita sejumlah barang bukti terkait dengan pengisian gas ilegal itu. Selain alat penyuntik tabung gas, polisi menyita 550 tabung gas 3 kg dalam kondisi terisi gas, 11 tabung gas 50 kg dalam kondisi terisi, dan sebuah timbangan.

Mereka juga menemukan 200 tabung gas 3 kg dalam kondisi kosong, 70 tabung gas 12 kg kondisi kosong, 12 tabung gas 50 kg dalam kondisi kosong, dan 4 unit mobil pikap.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Benny Cahyadi, pelaku mendapat pasokan dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBE). Tersangka membelinya dengan harga Rp 16 ribu per tabung.

Kemudian pelaku memindahkan isi empat tabung gas melon ke dalam tabung ukuran 12 kg. Dengan demikian, pelaku bisa menjual lebih mahal lantaran gas 12 kg tidak disubsidi pemerintah.

"Jumlah takarannya pun tidak sesuai," kata dia.

Ia mengatakan, dari hasil pemeriksaan petugas, agen penjualan tabung gas elpiji ini memiliki izin resmi. Namun disayangkan, bisnisnya disalahgunakan demi meraup keuntungan lebih besar.

"Keuntungan pelaku dari hasil penyuntikkan isi gas rata-rata Rp 150 juta per bulan. Mereka jual ke warung, restoran, dan warung makan," ungkap Benny.

Para tersangka dijerat pasal berlapis. Salah satunya adalah pelanggaran terhadap Undang-Undang konsumen dengan ancaman penjara maksimal 5 tahun dan denda Rp 2 miliar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Girangnya Serena Williams Melaju ke Semifinal AS Terbuka 2018

Posted: 04 Sep 2018 09:40 PM PDT

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams bertanding melawan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final turnamen AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan diri lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (AP/Adam Hunger)

Petenis asal Amerika Serikat, Serena Williams bertanding melawan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final turnamen AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan diri lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (AP/Adam Hunger)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final turnamen AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan diri lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (AP/Adam Hunger)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final turnamen AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan diri lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (AP/Adam Hunger)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final turnamen AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan diri lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (AP/Jason DeCrow)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final turnamen AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan diri lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (AP/Jason DeCrow)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis AS, Serena Williams berselebrasi setelah mengalahkan Karolina Pliskova dari Ceko pada perempat final AS Terbuka di New York, Selasa (4/9). Serena memastikan lolos ke babak semifinal berkat kemenangan 6-4 dan 6-3. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah ke Posisi 14.927 per Dolar AS Imbas Turki dan Argentina

Posted: 04 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih melemah. Bahkan di kurs tengah Bank Indonesia (BI), rupiah sentuh 14.900 per dolar AS.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank, rupiah melemah 0,58 persen ke posisi 14.927 per dolar AS pada Rabu (5/9/2018) dari periode Selasa, 4 September 2018 di posisi 14.840 per dolar AS.

Sementara itu, data Bloomberg, rupiah dibuka menguat terhadap dolar AS. Rupiah menguat 10 poin ke posisi 14.925 per dolar AS dari penutupan kemarin di posisi 14.935. Rupiah bergerak di kisaran 14.925-14.933 pada Rabu siang ini. Nilai tukar rupiah juga sudah merosot 10,17 persen sejak awal tahun.

Ekonom PT Bank Permata Tbk, Josua Pardede menegaskan, pelemahan nilai tukar rupiah lebih didorong sentimen eksternal. Hal itu sebagai dampak dari kekhawatiran efek menularnya krisis keuangan di Turki dan Argentina terhadap negara berkembang.

"Sentimen cukup negatif di negara berkembang terutama di pasar keuangan mulai dari saham, obligasi. Perspektif investor global terhadap emerging market mulai dari Turki hingga Afrika Selatan berpotensi krisis buat kepanikan dan kekhawatiran," ujar Josua saat dihubungi Liputan6.com.

Sentimen kekhawatiran krisis Turki, Argentina dan Afrika Selatan berimbas terhadap negara berkembang yang alami defisit transaksi berjalan yang cenderung naik.

Defisit transaksi berjalan Indonesia tercatat 3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) pada akhir kuartal II 2018 atau sekitar USD 8 miliar.

Meski demikian, menurut Josua, kondisi fundamental ekonomi Indonesia masih jauh lebih stabil dibandingkan ekonomi negara berkembang lainnya. "Ini bukan semata-mata faktor fundamental, tetapi sentimen. Dikhawatirkan ada penularan krisis, tetapi kondisi kita (Indonesia) sangat kuat," kata dia.

Josua menambahkan, Indonesia memiliki bantalan kuat mulai dari cadangan devisa dan suplai dolar AS. Berdasarkan data Bank Indonesia (BI), cadangan devisa Indonesia tercatat USD 118,31 miliar pada 31 Juli 2018.

Selain itu, Bank Indonesia (BI) dan pemerintah prioritaskan untuk jaga kestabilan nilai tukar rupiah. Pemerintah dan BI koordinasi untuk implementasi kebijakan yang dapat tekan defisit neraca transaksi berjalan.

Selain itu, diharapkan pemerintah dapat melakukan komunikasi dengan investor dan menjelaskan kalau kondisi ekonomi Indonesia lebih baik. Hal ini dilakukan agar mencegah aliran dana investor asing keluar dari Indonesia.

"Kebijakan kurangi impor barang tidak produktif seperti barang mewah. Bank Indonesia juga day to day intervensi di pasar dengan beli SUN. Imbal hasil SUN bertenor 10 tahun sudah 8,4 persen kalau tidak diintervensi bisa lebih besar. Ini dalam jangka pendek bisa menahan sentimen negatif yang berkembang," kata dia.

Josua menilai, jangan membandingkan kondisi nilai tukar rupiah pada 1998 dengan saat ini. Kondisi fundamental ekonomi Indonesia lebih kuat. "Kalau 1998 rupiah depresiasi sekitar 200 persen. Saat ini dari awal tahun rupiah bergerak di kisaran 13.800 sekarang sekitar 15 ribu, melemah 11 persen," ujar dia.

Namun, memang upaya menstabilkan rupiah tetap diperlukan untuk menjaga sektor riil.

DPR Kritik Rupiah Anjlok, Begini Jawaban Sri Mulyani

Teller menunjukkan mata uang dolar di Jakarta, Jumat (2/2). Dengan nilai tersebut posisi nilai tukar rupiah sudah masuk level undervalued, atau telah keluar dari level fundamentalnya. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, DPR mengkritik pemerintah karena kondisi rupiah yang saat ini menyentuh level 14.800 per Dolar Amerika Serikat (AS).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan pemerintah bersama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Hal tersebut dilakukan agar perubahan nilai tukar rupiah mencerminkan fundamental ekonomi yang menopangnya dan fleksibilitas rupiah dapat dikelola dan diserap perekonomian dengan baik.

"Kami akan terus mewaspadai pergerakan nilai tukar rupiah yang dipicu oleh sentimen global dan perubahan kebijakan negara Amerika Serikat," kata Menkeu Sri Mulyani di gedung DPR RI, Selasa (4/9/2018).

Selain itu, dia juga menegaskan BI dan OJK akan terus menjaga sistem keuangan dan fungsi intermediasi agar tetap stabil dan tahan terhadap guncangan global.

"Dalam rangka mitigasi dan antisipasi terhadap risiko nilai tukar rupiah, pemerintah dan BI akan menyiapkan dan memanfaatkan kerja sama regional dan global untuk memperkuat instrumen second line of defense," ujarnya.

Dia juga menjelaskan dalam konteks yang sangat dinamis, penetapan asumsi nilai tukar tahun 2019 menjadi tantangan yang tidak mudah karena harus mencerminkan kombinasi antara faktor fundamental yang menopang nilai rupiah, tapi juga harus antisipasif terhadap sentimen pasar yang mudah berubah.

Dia menyatakan pemerintah akan menggunakan seluruh instrumen kebijakan, baik instrumen fiskal maupun instrumen kebijakan struktural untuk terus melakukan penguatan struktur perekonomian Indonesia dengan memperkuat sektor industri manufaktur yang mampu menghasilkan devisa, dan mengurangi impor terutama impor barang konsumtif.

"Juga mendukung pariwisata, sehingga neraca perdagangan dan transaksi berjalan menjadi kuat," ujar dia.

Sementara itu, perbaikan iklim investasi juga dilakukan agar dapat menarik arus modal dari luar dengan tujuan untuk memperkuat neraca modal sehingga neraca pembayaran akan semakin kokoh yang akan menopang stabilitas nilai tukar rupiah.

"Pemerintah juga terus memperkuat basis investor dalam negeri dan melakukan pendalaman pasar keuangan, sehingga stabilitas nilai surat berharga pemerintah dapat dijaga."

Sebelumnya, anggota fraksi Partai Gerindra, Bambang Haryo mengkritik pemerintah yang selalu mengatakan bahwa kondisi ekonomi baik-baik saja, meski rupiah hampir mendekati level 15.000.

Padahal, menurutnya, kondisi itu sudah mengkhawatirkan terlebih saat ini impor pangan cukup tinggi. Seperti komoditas kedelai, jagung, gula, hingga beras.

"Hampir seluruh komoditas kita impor dan ini menurut saya terlalu memprihatikan dan selalu Pak Presiden menyampaikan kurs dolar terjadi menguat di beberapa negara. Memang benar, tapi kondisi di Indonesia yang terparah," kata Bambang di Gedung DPR RI, Selasa 4 September 2018.

Bambang meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan hal tersebut kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Di kehidupan masyarakat ini sangat memberatkan dan tolong Menkeu (Sri Mulyani) sampaikan kepada Presiden (Jokowi) agar impor dikurangin bukan malah ditambah," ujarnya.

Senada, Michael Wattimena anggota fraksi partai Demokrat menyampaikan pemikirannya mengenai kondisi rupiah saat ini.

Dia menjelaskan, Indonesia punya sejarah pahit mengenai krisis moneter yaitu yang terjadi 20 tahun silam tepatnya tahun 1998.

"Indonesia ini adalah negara yang besar, kita punya pengalaman yang pahit pada tahun 1998 di mana Indonesia pernah mengalami krisis ekonomi," ujarnya.

Dia menegaskan, hal tersebut jangan sampai terulang kembali. Oleh sebab itu, dia meminta pemerintah segera melakukan tindakan-tindakan untuk mengatasinya. Sebab saat ini rupiah sudah mulai merangkak ke level 14.500.

"Kami sangat mencintai Indonesia dan memiliki pengalaman pahit di mana Indonesia mengalami krisis ekonomi," ujarnya.

Dia meminta pemerintah jujur dan terbuka mengenai kondisi ekonomi saat ini, yakni kondisi ekonomi global yang bergejolak selalu dituding menjadi penyebab rupiah terdepresiasi.

Padahal, kata dia, dalam nota keuangan yang disampaikan Presiden pada tanggal 16 Agustus 2018 terkait RAPBN 2019 Rupiah diasumsikan 14.400.

"Nilai tukar yang diasumsikan meningkat. Jadi kondisi ini, tolong Menkeu jelaskan secara jujur keadaan ekonomi saat ini. Sebab kita tidak ingin dalam situasi 1998 yang mengalami krisis ekonomi. Nota keuangan saja yang disampaikan oleh presiden, rupiah berada mendekati 14.800. Padahal hari ini sudah ingin mencapai 14.900, untuk itu saat ibu menjelaskan kami mohon ibu menjelaskan secara jujur. Saya pikir janganlah kita kaitkan masalah-masalah ini dengan negara lain yang tidak ada kaitannya," dia menandaskan.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konser Kemanusiaan untuk Lombok Kumpulkan Donasi Rp 3,1 Miliar

Posted: 04 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Konser Kemanusiaan untuk Lombok sukses digelar di Cilandak Town Square, 9 Agustus 2018. Konser amal ini melibatkan kurang lebih 50 musikus Tanah Air seperti Tompi, Andien, Dira Sugandi, Glenn Fredly, serta Elek Yo Band yang terdiri dari beberapa menteri.

Digagas oleh Komunitas Biduan, Iluni UI dan Musik Bagus Day, Konser Kemanusiaan untuk Lombok ini sukses mengumpulkan donasi sebesar Rp 3,1 miliar secara tunai dan non tunai.

Angka tersebut berasal dari para pengusaha dan Kementerian Sosial yang ikut berdonasi. Tak lupa, Elek Yo Band juga berhasil melelang gitarnya seharga Rp 200 juta.

"Senang banget, karena ini butuh kolaborasi kongkrit antara komunitas teman-teman biduan, ikatan alumni UI dan juga pemerintah sendiri. Kita membantu Lombok dan juga Sumbawa, NTB khususnya," kata Glenn Fredly dari Musik Bagus Day di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (5/9/2018).

 

Dari Kemensos

Menteri Perhubungan Budi Karya melelang gitarnya untuk menambah donasi dan terjual senilai Rp 200 juta.

 "Itu untuk kebutuhan para korban pasca-recovery dan perjalanan ke depan. Selain itu, tim Kementerian Soasial juga memberikan bantuan, Rp 100 juta, sehingga totalnya jadi Rp 3.1 miliar," sambung Glenn Fredly.

Hunian Sementara

Glenn Fredly (Foto: Bambang E. Ros/Bintang.com)

Donasi dari konser ini akan digunakan untuk membantu korban bencana gempa bumi di Lombok dan Sumbawa pada tahap rekonstruksi dan rehabilitasi. Salah satunya adalah membangun hunian sementara di Lombok.

"Mengalokasikannya untuk hunian sementara. Dan ada 100 huntara (hunian sementara) untuk 100 kepala keluarga, akan terus berlangsung dan akan di-update juga ke masyarakat," jelas Glenn Fredly.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

DPR: RI Surplus Beras hingga 12 Juta Ton

Posted: 04 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Produksi dan serapan gabah dari petani secara nasional dinilai masih cukup baik. Hal tersebut mampu memperkuat stok dan memenuhi kebutuhan beras hingga akhir tahun.

Anggota Komisi IV DPR, Andi Akmal Pasluddin, mengatakan berdasarkan data dari Kementerian Pertanian (Kementan), pada tahun ini produksi gabah petani mencapai angka 80 juta ton atau setara dengan 46,5 juta ton beras.

Dengan angka tersebut, cadangan beras pemerintah (CBP) hingga saat ini masih dalam kondisi cukup dan mampu memenuhi kebutuhan beras nasional.

"Dari sisi produksi dalam negeri kita surplus 12 juta ton. Karena dari data Kementan, kita punya produksi 45 juta ton beras, sedangkan konsumsi masyarakat mencapai 33 juta ton. Berarti ada 12 juta ton surplusnya," ujar dia di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR, Bambang Haryo Sukartono, menyatakan selama ini kondisi panen petani hampir tidak memiliki kendala. Terlebih, musim kemarau berlangsung tidak terlalu lama waktunya.

Selain itu, upaya pemerintah melalui Kementan dan Kementerian PUPR dalam program kerja menjaga hasil pertanian telah dilakukan maksimal. Manfaatnya, saat ini Indonesia semakin dekat dengan target swasembada pangan.

"Telah banyak membuat program pertanian mulai dari embung, irigasi, dan bantuan alat mesin pertanian," kata dia.

Sebagai informasi, pada 2016 dan 2017 ekspor hasil pertanian mencakup komoditas tanaman pangan, perkebunan, peternakan dan hortikultura tercatat mengalami lonjakan. Menurut data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), beras, bawang merah dan jagung menjadi salah satu komoditas sektor pertanian yang mengalami peningkatan ekspor.

Rincian volume ekspor hasil pertanian pada 2016 adalah 35,49 juta ton dengan nilai USD 26,73 milliar kemudian naik pada 2017 menjadi 41,26 juta ton atau setara USD 33,05 milliar.

Sedangkan untuk volume dan nilai neraca perdagangan sektor pertanian juga mengalami surplus yakni pada 2016 sebanyak 97,06 persen dan 2017 sebesar 45,85 persen.

 

Bulog Belum Berencana Tambah Impor Beras

Produksi Harga. (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Kementerian Perdagangan telah mengeluarkan izin impor sebanyak 2 juta ton. Meskipun demikian, Perum Bulog menyatakan belum akan menambah impor beras.

Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menjelaskannya, saat ini Bulog tengah berupaya untuk menyerap beras masyarakat. Pihaknya tengah berupaya menahan agar tak perlu menambah impor.

"Kan, sudah tidak ada impor lagi, itu impor yang lama sebelum saya menjadi Dirut, itu sudah ada impor 1,8 juta ton tapi yang terealisasi 1,8 ton dulu," ungkapnya saat ditemui, di Gudang Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Selasa (4/9/2018).

"Saya tidak mau datangkan dulu. Kita simpan di negara asal karena kita harus lihat progres panen kita. Kita tidak boleh mengganggu produksi petani kita. Nah, di kala nanti kita membutuhkan itu baru kita ambil," kata dja.

Dia menjelaskan izin yang dikeluarkan pemerintah sebenarnya merupakan bentuk antisipasi, kalau-kalau terjadi kekurangan stok beras di dalam negeri.

Sebagai pihak yang mendapat penugasan untuk melakukan impor, Perum Bulog akan mempertimbangkan urgensi impor beras berdasarkan perhitungan kebutuhan dan serapan beras dalam negeri.

"Gini kalau izin itu bisa saja diberikan untuk mengantisipasi umpana prediksi cuaca untuk tahun ini dimungkinkan ada masa paceklik yang luar biasa nah el nino dan segala macam. Boleh saja dikeluarkan izin impor sebanyak-banyaknya, tapi kan tidak harus direalisasikan sejumlah itu. Kita lihat kebutuhanya jadi kalau kita dapet izin 2 juta ton impor beras tapi yang cukup kita realisasikan 200 ribu ya kita realisasikan 200 ribu," ujar dia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wiranto: Rupiah Melemah, Pemerintah Tahu Apa yang Harus Dilakukan

Posted: 04 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto meminta tak ada pihak yang mendesak pemerintah atas melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar.

"Ya pemerintah enggak usah didesak-desak ya, pemerintah itu kan tahu apa yang dihadapi. Kita juga tahu apa yang seharusnya dilakukan," kata Wiranto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Wiranto menjelaskan pemerintah selalu membahas masalah ekonomi Indonesia pada setiap rapat terbatas, serta solusi untuk semua masalah perekonomian.

"Setiap saya ikuti sidang kabinet terbatas bidang ekonomi, selalu memikirkan bagaimana kemampuan ekonomi kita mampu untuk mengatasi berbagai masalah-masalah ekonomi dalam negeri," ungkapnya.

Politikus Partai Hanura itu juga tidak memungkiri kondisi ekonomi global juga sedang tidak menguntungkan Indonesia. Meskipun demikian, dia tidak mau menjelaskan secara detil bagaimana situasi global itu.

"Walau emang tidak bisa kita pungkiri pengaruh ekonomi global sangat kuat sekali. Tapi tentunya pemerintah selalu ingin kita mampu mengatasi masalah-masalah yang diakibatkan ekonomi global itu," ucapnya.

Jadi Komoditas Politik

Wiranto juga enggan berkomentar apakah isu keuangan ini bisa jadi komoditas politik. Dia meminta hal itu langsung ditanyakan pada menteri yang bersangkutan.

"Tanyakan Menteri Ekuin. Jangan ditanyakan ke menteri yang tidak ada sangkut-paut dengan masalah itu. Tanyakan saya soal politik hukum dan keamaman," tandasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Pelarian 'Ratu' Perdagangan Orang

Posted: 04 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Kupang - Pelarian terpidana kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) (human trafficking) Diana Aman berakhir. Diana ditangkap tim Kejari Tanjung Balai, Sumatera Utara, saat hendak membuat paspor dengan tujuan Malaysia. 

"Dia ditangkap Jumat, 31 Agustus 2018. Tim dari Kejari Kota Kupang dan Kejati NTT sudah ke Tanjung Balai untuk jemput terpidana," ujar Kasi Penkum dan Humas Kejati NTT, Iwan Kurniawan, Senin, 3 September 2018.

Dia mengatakan, Diana Aman merupakan terdakwa perkara TPPO dengan korban Yufrinda Selan. Dia melarikan diri setelah majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Kupang mengabulkan permohonan penangguhan atau pengalihan status penahanannya dari tahanan Lapas Wanita Kupang menjadi tahanan kota.

"Diana dibawa kembali ke Kupang untuk ditahan berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Kelas IA Kupang," katanya. 

Dia menjelaskan, Diana divonis 9 tahun penjara oleh majelis hakim PN Kelas IA Kupang pada 30 Mei 2017 lalu. Kasi Pidum Kejari Kota Kupang, Henderina Mallo, mengatakan terpidana kasus TPPO itu langsung dibawa ke RSUD SK Lerik untuk menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim dokter.

Dalam pemeriksaan, lanjut Henderina, terpidana akan diantar ke Lapas Wanita III Kupang untuk menjalani masa tahanan sesuai putusan PN Kelas IA Kupang.

"Sebelum dibawa ke Lapas Wanita Kupang, periksa dulu kesehatannya di RSUD SK Lerik dan jika dinyatakan sehat oleh dokter langsung dibawa ke Lapas Wanita untuk ditahan," ujar Henderina. 

Korban "Ratu Perdagangan Orang" itu bernama Yufrida Selan, lahir di Tupan TTS, 19 Juli 1997. Keluarga Yufrida berasal dari Desa Tupan, RT 03/RW 02, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Frida direkrut secara ilegal ke Malaysia pada 2 September 2015.

Pada 15 Juli 2016, jenazah Frida sampai ke ke rumah orangtua dalam keadaan tak bernyawa. Ketika keluarga korban melihat kondisi jenazah dengan melihat foto, ada banyak jahitan menutup kulit.

Ayah Frida, Metu Selan, lalu melaporkan ke Polsek Amanuban Barat/ Batu Putih dan diikuti dengan pemeriksaan jenazah oleh Petugas Polres TTS dan RSUD Soe, TTS. Data dan tanda-tanda fisik menunjukkan bahwa jenazah tersebut adalah Yufrida Selan, tapi pada paspor yang dikeluarkan oleh Imigrasi Kupang, tertulis nama Melinda Sapay, Tuasene, 15 Juli 1994.

Dugaan kuat, Frida adalah korban perdagangan orang dan anggota tubuhnya diambil atau diperjualbelikan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Filipina Sebut Adolf Hitler 'Gila', Ada Apa?

Posted: 04 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Tel Aviv - Berdiri di area Museum Holocaust di Israel pada Senin 3 September, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyatakan Adolf Hitler "gila". Pernyataan itu dinilai sebagai sebuah perubahan besar bagi seorang tokoh, yang sebelumnya menyamakan dirinya dengan Führer.

Menurut laporan situs Philippine Sta, Presiden Duterte --yang sedang dalam perjalanan pertamanya ke Israel-- menyesali genosida terhadap enam juta orang Yahudi selama Perang Dunia II.

Sebelumnya, sebagaimana dikutip dari Time.com pada Selasa (4/9/2018), Duterte membandingkan pemusnahan pengedar narkoba di Filipina serupa pembunuhan Nazi terhadap orang Yahudi.

Dua tahun lalu, muncul kontroversi ketika Duterte mengaku senang oleh kritikus yang memanggilnya "sepupu Hitler", karena dia "tidak ragu membantai" jutaan pengguna dan pengedar narkoba di Filipina.

Beberapa waktu kemudian, ia meminta maaf di hadapan publik Filipina, yang dinilai oleh Liga Anti-Pencemaran sebagai "hal tidak pantas dan sangat menyinggung."

Duterte, yang telah membual tentang membunuh orang secara pribadi dan yang menghadapi banyak petisi impeachment, tiba-tiba menyerukan bahwa Hitler seharusnya telah "dibasmi terlebih dulu".

"Saya tidak pernah bisa membayangkan tontonan seorang manusia pergi ke pesta pembantaian, membunuh wanita, pria, anak-anak, dan banyak lainnya," kata Duterte.

Di lain pihak, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah dikritik karena merangkul Duterte, yang dinilai oleh banyak warga Negeri Zionis sebagai "sosok brutal dan bertindak sembarangan".

Bahkan surat kabar kenamaan Israel, Haaretz, menuduh dalam editorialnya, bahwa PM Netanyahu mengabaikan rekam jejak sang presiden Filipina demi peluang untuk kesepakatan senjata dan kontrak pertahanan.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

 

Pemimpin Skuad Kematian

Presiden Filipina Rodrigo Duterte bersama Menhan Rusia, Sergei Shoigu (kanan) memegang senapan serbu AK-47 sumbangan dari Rusia di atas kapal perusak Rusia Admiral Panteleyev di pelabuhan Metro Manila, Filipina (25/10). (AFP Photo/Robinson Ninal)

Presiden Reodriogo Duterte mendapatkan julukan "pemimpin skuad kematian" saat menjabat sebagai Wali Kota Davao, sebuah kota di Filipina selatan.

Seorang mantan anggota milisi Filipina bersaksi di depan Senat negara itu bahwa Duterte memerintahkan pasukan untuk mengeksekusi musuh dan penjahat.

Penindakan brutal Duterte terhadap perdagangan narkoba Filipina telah mendorong kecaman internasional atas pembantaian di luar hukum.

Dalam dua tahun sejak Duterte menjabat sebagai presiden Filipina, lebih dari 4.200 tersangka pengedar narkoba telah dibunuh oleh polisi sementara ribuan lainnya ditembak mati dengan "gaya main hakim sendiri" oleh penyerang tak dikenal, demikian sebagaimana dilaporkan oleh kantor berita Reuters.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jember Fashion Carnaval Meriahkan Bandara Soekarno-Hatta

Posted: 04 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebagai perayaan Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada Selasa (4/9/2018) PT Angkasa Pura II gelar Jember Fashion Carnaval (JFC) mulau tanggal 3-5 September 2018.

Jember Fashion Carnaval sendiri sudah memiliki prestasi juara 3 dunia dalam ajang Carnaval Internasional de Victoria. Dan dalam kesempatan ini, masih dalam semarak pesta olahraga Asian Games 2018 yang baru saja berlalu, maka sejumlah koleksi menawan dihadirkan.

Ajang ini merupakan sebuah kesempatan emas bagi para masyarakat yang tidak sempat menyaksikan kemeriahan opening ceremony dan closing ceremony Asian Games 2018.

Parade karnaval di Baandara Soekarno-Hatta

Parade kostum bertema ASIALIGHT dari Jember Fashion Carnaval warnai Terminal 3 Soekarno-Hatta

Pasalnya, Jember Fashion Carnaval merupakan penampil dengan menghadirkan koleksi parade kostum karnaval yang memeriahkan ajang Asian Games 2018 lalu.

Saat dihubungi oleh TimLiputan6.com, Dynand Fariz yang merupakan penggagas Jember Fashion Carnaval menyampaikan bahwa kurang lebih 20 kostum dihadirkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Parade karnaval di Baandara Soekarno-Hatta

Parade kostum bertema ASIALIGHT dari Jember Fashion Carnaval warnai Terminal 3 Soekarno-Hatta

"Kurang lebih ada 20 kostum kami hadirkan kembali di Bandara Soekarno-Hatta. dengan tema ASIALIGHT yang terinspirasi dari ajang Asian Games Energy of Asia." ungkap Dynand Fariz.

10 diantaranya yang hadir pada kesempatan kali ini ialah karakter Garuda Indonesia, Shogun Jepang, Ottoman on Fire Turki, dan beberapa lainnya. Dengan talent-talent yang mengelilingi Terminal 3, tentu mampu membangkitkan memori berkesan akan ajang Asian Games yang sukses dan meriah di Indonesia.

Kostum-kostum karya Dynand Fariz terbukti membuat decak kagum masyarakat yang melihatnya. Bahkan Dynand mengakui, dalam menciptakan kostum-kostum ini tentu ada kesulitan yang dialami. Namun hal tersebut bukanlah sebuah kendala yang berarti, Justru saat ditanya akan kesulitan yang dialaminya, ia menjawab dengan penuh optimis bahwa tak ada kesulitan berarti yang ia rasakan. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Ingin Melahirkan dengan Operasi Caesar, Ditanggung Tidak?

Posted: 04 Sep 2018 09:30 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Bagaimana jika operasi caesar dilakukan atas permintaan sendiri peserta JKN-KIS? Apakah biayanya masih ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

 

Jawaban:

BPJS Kesehatan menjamin biaya operasi caesar hanya jika ada kondisi medis yang mengharuskan peserta JKN-KIS bersangkutan menjalani operasi tersebut. 

Jika menurut hasil pemeriksaan dokter seorang peserta JKN-KIS bisa melahirkan normal tapi ia tetap memilih operasi caesar, maka biayanya tidak dapat dijamin BPJS Kesehatan.

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30 berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pedrosa Siap Hadapi Tantangan di MotoGP San Marino

Posted: 04 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Setelah pembatalan gelaran MotoGP Inggris, kini Dani Pedrosa mulai mempersiapkan diri tampil di Grand Prix San Marino. Pembalap tim Repsol Honda itu berharap kondisi cuaca tidak mengganggu jalannya balapan pada akhir pekan ini.

"Saya berharap cuaca bagus di Misano dan dapat memanfaatkan semua sesi dengan baik. Saya suka trek ini meskipun sedikit bergelombang dan tingkat genggamannya sering menjadi tantangan, karena dapat mengubah banyak hal dari sesi pagi hingga sore hari," kata Pedrosa dikutip dari Crash, Rabu (5/9/2018).

Pedrosa melanjutnya tak hanya kondisi cuaca yang menjadi mengganggu pikiran Pedrosa. Pemilihan ban juga menjadi faktor kunci untuk merebut podium.

"Pilihan ban akan sangat penting," kata Pedrosa.

Meski ada beberapa hal yang menghantui Pedrosa, namun dia selalu suka setiap kali menjalani balapan di Misano. Menurutnya, atmosfer yang selalu disuguhkan penggemar balap di Italia semakin menambah menarik balapan.

"Saya juga suka suasana dengan para penggemar yang selalu sangat bersemangat dan sangat bagus untuk melihat tumpukan barang mewah," imbuh Pedrosa.

(David Permana)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pesan Ganjar Pranowo Sebelum Dilantik Jokowi di Istana

Posted: 04 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik sembilan pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih hasil Pilkada Serentak 2018, hari ini. Salah satu yang dilantik adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranonwo.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Showbiz: Isu Hangat Hubungan Asmara Angel Karamoy - Jose Poernomo

Posted: 04 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah foto yang menampilkan sosok aktris cantik Angel Karamoy dan sutradara Jose Poernomo yang beredar di media sosial, menyentak publik. Pasalnya, banyak yang menduga keduanya tengah berciuman.

Efek bola salju dari foto ini langsung terasa. Awak media memburu keduanya, dan artikel tentang hal ini pun langsung dicari para pembaca.

Begitu juga di kanal Showbiz Liputan6.com. Dua artikel mengenai hubungan  Jose Poernomo - Angel Karamoy ini masuk menjadi artikel terpopuler sepanjang Selasa (5/9/2018).

Selain itu, artikel tentang pernikahan Kartika Putri juga masuk menjadi yang terpopuler. Berikut Top 3 Showbiz Liputan6.com.

1. Dikabarkan Jadi Istri Jose Poernomo, Ini Kata Angel Karamoy

Beredarnya rumor hubungan asmara antara Jose Poernomo dan Angel Karamoy terus menjalar ke mana-mana. Bahkan mereka dikabarkan telah bersatu dalam ikatan pernikahan.

Apa kata Angel Karamoy? Simak di sini.

2. Suami Umumkan Pernikahan, Kartika Putri Banjir Ucapan Selamat

Habib Usman Bin Yahya dan Kartika Putri (Instagram/ @Lambe_Turah)

Teka-teki soal unggahan Kartika Putri yang menghebohkan kini terungkap sudah. Ia memang telah dipinang oleh Habib Usman Bin Yahya. Sang Habib pun lantas mengumumkan hal ini di media sosial.

Baca selengkapnya.

 

3. Foto Diduga Ciuman dengan Angel Karamoy Beredar, Ini Kata Jose Purnomo

Jose Purnomo. (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Jose Poernomo akhirnya angkat suara mengenai kabar hubungannya dengan Angel Karamoy. Bahkan dengan blak-blakan ia mengakui ada hubungan istimewa antara mereka. Selengkapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lucu, Twit Guyon Warganet soal Bahasa Gaul Anak Jaksel

Posted: 04 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dunia maya--khususnya di ranah Twitter--kini tengah diramaikan dengan guyonan anak Jakarta Selatan (Jaksel).

Pantauan Tekno Liputan6.com, guyonan yang dimaksud mengungkapkan seperti apa remaja Jaksel biasanya berbicara saat bergaul.

Banyak warganet berasumsi kalau anak-anak Jaksel sering berbicara dengan intonasi dan penekanan khusus ala karakter Cinta di film AADC (Ada Apa dengan Cinta?), serta menggunakan beberapa istilah bahasa Inggris yang dicampur ke dalam bahasa sehari-hari.

Gaya berbahasa anak Jaksel ini pun jadi topik hangat yang diperbincangkan warganet. Saat kami mengintip lini masa Twitter, tak sedikit warganet mengeluarkan kicauan guyon soal anak Jaksel.

Memang, kebanyakan kicauan bernada menyindir atau sekadar mengejek. Namun, tak sedikit yang tersinggung karena sindiran tersebut.

Ada juga yang berada di pihak "tengah" dan berusaha meluruskan kalau gaya berbahasa anak Jaksel yang diasumsikan warganet hanya merupakan stereotype masyarakat dan tidak benar adanya. Mereka juga membandingkan bahasa gaul anak Jaksel dengan bahasa remaja yang tinggal di Jakarta Selatan, Timur, Barat, dan Pusat.

Untuk lebih lengkap, kamu bisa intip kicauan-kicauan lucu warganet soal anak Jaksel berikut ini.

Daftar Bahasa Slang Internet Terpopuler, Kids Jaman Now Pasti Paham

Selain cantik, Ashrida Dwi juga remaja yang suka gaul. Anak komedian Parto Patrio itu terlihat menghadiri We The Fest, sebuah festival musik tahunan. (instagram.com/ashridadwi)

Terlepas dari bahasa gaul anak Jaksel, ada juga bahasa slang yang sering digunakan di internet. Di ranah maya pun, bahasa nyeleneh ini telah menjadi tren kultur pop di kalangan pengguna remaja. Sampai-sampai, beberapa 'jargon' slang tersebut dijadikan meme di media sosial.

Sejatinya, bahasa slang memang merupakan ekspresi nonformal yang sering digunakan untuk menyampaikan respons saat berkomunikasi di internet, baik itu di kolom komentar media sosial, aplikasi pesan instan, atau kolom komentar grup tertentu.

Tekno Liputan6.com pernah menyajikan kumpulan bahasa slang internet paling populer di luar negeri. Beberapa di antaranya seperti LOL (Laughing Out Loud, tertawa terbahak-bahak) atau ROTFL (Rolling on The Floor, guling-guling di lantai).

Nah, kali ini kami akan menyajikan daftar bahasa slang internet paling populer di 2017. Di sepanjang tahun ini, bahasa slang tersebut sudah pasti sering kamu temui di lini masa.

Apa saja? Apakah satu di antaranya juga sering kamu gunakan? Get ready, inilah daftarnya sebagaimana Tekno Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber di media sosial.

 

Terciduk

PT Piaggio Indonesia (PID) meresmikan dealer baru di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (7/11/2015).

Tercyduk

Tercyduk berasal dari kata terciduk (kata kerja: ciduk) yang berarti membekuk, mengambil atau menahan. Kata ini biasanya ditemukan dalam gaya penuturan berita formal. Contoh: Polisi Ciduk Preman Kampung Rambutan.

Tak berbeda dari arti aslinya, warganet pun membuat kata terciduk menjadi "tercyduk". Fakta unik, kata ini adalah kata yang paling sering digunakan warganet di media sosial.

Kids Jaman Now

Secara tata bahasa, kids jaman now tidak mengikuti aturan. Memang, secara arti: kids jaman now artinya anak-anak zaman sekarang.

Bahkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengingatkan warganet kalimat tersebut salah. Seharusnya, menurut ejaan sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasan Indonesia (PUEBI), seharusnya yang benar bukan 'jaman', melainkan 'zaman'.

Tak diketahui dari mana asal kata kids zaman now, tetapi banyak yang menduga kata ini berasal dari meme Kak Seto yang beredar luas di media sosial

HQQ

Hakiki, berdasarkan definisi dari KBBI adalah "sebenarnya, sesungguhnya."

Namun dalam konteks media sosial dan dialog slang, penulisan kata ini keliru menjadi "HQQ" (mungkin untuk mempersingkat kata).

Panutanku

Berasal dari kata panutan yang berarti idola atau junjungan. Panutanku seringkali dipakai warganet sebagai ungkapan pujian. Versi nyeleneh dari panutanku adalah panutanQ (Q yang berarti 'aku' dalam ejaan bahasa slang).

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Teknik Mewarnai Dinding Rumah Agar Terlihat Cantik

Posted: 04 Sep 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 6 teknik mewarnai dinding rumah agar terlihat cantik ini tentunya penting disimak oleh Anda yang bosan dengan gaya hiasan dinding yang itu-itu saja.

Ya, Anda bisa saja menambahkan hiasan pada dinding seperti lukisan dan karya seni lain agar dinding rumah Anda tidak terlihat membosankan. Namun terlalu banyak dekorasi yang digantung pada dinding juga bikin rumah terlihat tidak elok di pandang.

Mau beli rumah? Agar tidak menyesal, cek dulu review properti persembahan Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Dinding jadi tampak penuh dan jika penempatannya kurang tepat bisa jadi malah bikin rumah terkesan jadi berantakan. Tentu saja ada banyak cara lain yang bisa Anda coba agar dinding rumah Anda terlihat lebih berwarna.

Tahukah anda bahwa dengan teknik mengecat yang kreatif Anda bisa membuat tampilan dinding rumah Anda jadi nampak indah dan berseni. Untuk itu simak 6 inspirasi teknik mewarnai dinding rumah agar terlihat cantik berikut ini:

  • Dinding Ombre
Sebelum mulai mengecat, batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip. (Image: Thespruce.com)

Gaya ombre atau gradasi warna selain digunakan untuk mengecat rambut ternyata juga bisa diaplikasikan pada dinding rumah Anda. Anda pun bisa melakukannya sendiri dengan menyiapkan paling tidak 3-4 warna cat yang bergradasi dari terang ke gelap atau sebaliknya.

Sebelum mulai mengecat, batasi area pengecatan masing-masing warna dengan kertas selotip.

Bentuk Geometri

  • Dinding dengan Bentuk Geometri
Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di rumah dengan menggunakan spidol cat. (Image: Abeautifulmess.com)

Bentuk geometri di dinding memang sedang menjadi tren sebagai bagian dari dekorasi interior. Anda pun bisa mengaplikasikan teknik ini di rumah dengan menggunakan spidol cat.

Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol. (Image: Abeautifulmess.com)

Pilih warna yang sesuai dengan cat dinding, misal cat dinding rumah Anda berwarna abu-abu pilih spidol cat berwarna putih. Gunting pola geometri yang diinginkan menggunakan kardus kemudian mulai gambar dinding menggunakan spidol.

Dinding Mural

  • Mural Pada Dinding
Membuat mural memang tidak mudah jika dilakukan sendiri. Dan pada umumnya orang akan membutuhkan bantuan dari seseorang yang sudah cukup ahli.
 
Mau beli rumah? Mengajukan KPR? Atau mengurus legalitas tanah? Cek panduan lengkapnya di sini!

Untuk mudahnya, buat mural dengan pola sederhana seperti gambar gunung. Anda hanya perlu menyiapkan 3 warna cat untuk menampilkan gradasi satu sama lain dan cat dinding dengan arah gelombang hingga menyerupai hamparan grup.

  • Hias Dinding dengan Tetesan Cat
Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5ml untuk setiap pengecetan. (Image: Homeology.co.za)

Salah satu cara lain yang cukup seru dilakukan untuk menghias dinding rumah adalah dengan membuat tetesan cat. Anda akan membutuhkan beragam warna cat untuk melakukannya dan juga siapkan beberapa pompa jarum suntik sesuai dengan banyaknya cat.

Menghias dinding rumah seperti ini tentunya bisa Anda lakukan sendiri karena mudah dan tidak ribet. Berbeda dengan jual beli properti, manfaatkan jasa agen properti profesional yang dapat membantu transaksi pembelian properti Anda.

Tidak usah isi pompa terlalu banyak karena akan merembes hingga ke lantai, cukup isi kurang lebih 3-5ml untuk setiap pengecetan. Gunakan tangga untuk membantu Anda dan mulai teteskan cat dari dinding paling atas.

Seni Modern

  • Dinding dengan Desain Seni Modern

Cara berikut bisa Anda kerjakan bersama anak-anak karena cukup mudah. Tempelkan beberapa selotip khusus pada salah satu dinding kamar hingga membentuk desain sebuah geometri. Setelah di tutup, cat bagian dalam bentuk geometri dengan warna yang berbeda-beda. Tunggu hingga cat mengering, kemudian lepaskan selotip.

  • Membuat Motif Chevron
Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih. (Image: Decoist.com)

Motif Chevron atau zig-zag dalam sebuah desain cukup digemari saat ini karena terlihat trendi. Anda bisa mengecat dinding rumah dengan cara ini, namun tidak perlu melakukannya untuk seluruh ruangan. Cukup pilih satu dinding untuk memberikan kesan dramatis.

Anda bisa mengombinasikan beberapa warna, namun jika ingin menunjukkan kontras gunakan hanya warna hitam dan putih.

Ingin punya rumah dengan desain yang kekinian namun dengan kisaran harga tak lebih dari Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Itulah 6 inspirasi teknik mewarnai dinding rumah agar lebih berseni. Mau punya rumah tapi ragu-ragu dengan kemampuan Anda untuk membayar cicilan KPR per bulannya? Cek hitung-hitungannya lewat kalkulator KPR persembahan Rumah.com.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Foto: Pixabay

Mita Agustina

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prathama Gilang, Dokter yang Juga Food Vlogger Makan Sampai Kenyang

Posted: 04 Sep 2018 09:27 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tren food vlogger saat ini menjamur dan mulai banyak peminatnya. Namun, sebelum fenomena ini booming, Prathama Gilang telah lebih dulu memulai menjadi food blogger yang serius pada tahun 2014.

Berawal dari keinginannya memberikan rekomendasi makanan pada orang banyak, yang saat itu didominasi dengan blog dan caption dengan bahasa Inggris, membuat Gilang membuat akun yang ia beri nama Makan Sampai Kenyang, dengan keterangan berbahasa Indonesia.

"Pada saat itu tahun 2014 belum banyak orang yang review makanan. Masih didominasi pakai bahasa Inggris, jadi aku mulai serius bikin review yang lengkap dengan lokasi tempat makan, menu, dan harganya," kata Gilang kepada Liputan6.com.

Gilang mengakui dirinya memang suka makan. Kesukaannya mencari menu makanan baru dan lezat ia bagikan kepada banyak orang. Awalnya ia memulai review makanan di blog pribadi miliknya. Seiring perkembangan teknologi, ia akhirnya melanjutkan serius menjadi food vlogger di media sosial seperti instagram, facebook, dan situs berbagi video lainnya.

Selama hampir empat tahun menggeluti dunia kuliner, sebagai food vlogger, Gilang tentu mengalami berbagai pengalaman unik. Ia mengungkapkan beberapa kejadian tidak terlupakan yang pernah dirasakannya sejak menekuni profesi ini. Salah satunya adalah diundang oleh kedutaan besar Australia untuk bertemu dengan salah satu chef kenamaan negeri kangguru tersebut.

 

Latar belakang akademik hingga jadi food vlogger

Gilang merupakan seorang dokter umum. Ia kemudian melanjutkan pendidikan S2 dengan dua jurusan sekaligus yaitu hukum di Universitas Indonesia dan management di Universitas Pelita Harapan. Latar belakang pendidikannya ini membuat ia terkesan serius, namun siapa sangka Gilang merupakan orang yang aktif di media sosial hingga menjadi Food Vlogger.

Kesibukannya membuat Gilang harus bisa mengatur jadwal dengan baik. Dia tetap harus bekerja di rumah sakit dan eksis dengan review kuliner di akun instagramnya @makansampaikenanya. Namun hal ini tidak menyurutkan keinginan Gilang dalam berkarya, menurutnya saat Anda serius dengan berkarir jangan lupa juga untuk melakukan hobi.

 

Selamat makan pagi 👌👌

A post shared by PRATHAMA GILANG, dr., MM., MH (@makansampaikenyang) on

"Aku harus bisa mengatur jadwal. Di rumah sakit itu 3 hari dalam seminggu. Sisanya aku bisa hunting makanan yang lagi hits atau aku lagi pengen makan. Malamnya lanjut editing. Aku nyaman dan bahagia melakukannya, bagiku penting ya untuk seseorang berkarir tapi jangan lupakan hobinya," tambah Gilang.

 

Dari hobi jadi food vlogger

Saat ditanya dengan menu makanan favoritnya, pria kelahiran Bandung 1989 mengungkapkan fast food, steak, makanan Hawai, dan makanan rumahan. Selain itu ia juga mengungkapkan, saat ini tren kuliner sangat bergantung pada plating dan interior restoran yang instagramable. Karena, generasi milenial saat ini senang membagikan pengalaman makan mereka ke media sosial.

"Tren kuliner saat ini aku lihat ya lebih ke tempat dan makanan yang instagramable. Seperti nuansa vintage, pastel, tapi tetap rasa makanan juga yang terpenting," kata Gilang.

 

Tips untuk Anda yang ingin jadi food vlogger

Selama 4 tahun menekuni dunia food vlogger ini, Gilang melakukan apapun dengan menjadi diri sendiri. Melihat fenomena food vlogger saat ini, percaya diri dan punya ciri khas sendiri menjadi penentu kesuksesan. Kepada para pemula yang ingin serius menggeluti profesi ini, Gilang memberikan beberapa tips sesuai dengan pengalamannya.

"Kalau untuk kamu yang baru akan memulai bidang ini, jadi diri sendiri, dan jangan drama. Lakukan yang terbaik dan jadi diri sendiri. Untuk gaya foto fan editing itu akan ditemukan seiring berjalannya waktu. Terus berkarya semuanya," tutup Gilang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Permohonan Maaf PT. Universal Indo Persada (Unicell) Kepada PT. Cellcius Indoperkasa (Zelltech)

Posted: 04 Sep 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kami yang bertandatangan di bawah ini :

Nama      : Hendra Liem

Jabatan   : Direktur PT Universal Indo Persada ( UNICELL )

Alamat    : Jalan Paralon II Bandung

Bertindak untuk dan atas nama PT Universal Indo Persada sebagai pemilik merk dagang UNICELL Insulation. Dengan ini menyampaikan penyesalan dan permohonan maaf kepada :

PT  CELLCIUS  INDOPERKASA  sebagai Distributor  tunggal untuk produk Alumunium Foil Merk ZELLTECH Insulation yang telah terdaftar di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual di bawah Nomor IDMOOO312574 tertanggal 12 Juli 2011 dan pemilik uji laboratorium Ref No : 069/STC/VIII/2012 Tertanggal 1 Agustus 2012

Kami menyatakan dan berjanji :

1. Bahwa kami mengakui telah melekatkan uji Laboratorium milik PT CELLCIUS INDOPERKASA uji laboratorium Ref No : 069/STC/VIII/2012 Tertanggal 1 Agustus 2012. Dimana uji laboratorium tersebut telah kami lekatkan pada Brosur pemasaran UNICELL Insulation dan telah mengedarkannya di masyarakat serta menyesatkan masyarakat tanpa ijin PT CELLCIUS INDOPERKASA sebagai pemegang merk dagang ZELLTECH

2. Bahwa perbuatan tersebut diatas kami PT UNIVERSAL INDO PERSADA telah menimbulkan kerugian baik kepada PT CELLCIUS INDOPERKASA maupun kepada masyarakat.

3. Bahwa kami bersedia menarik dan memusnahkan seluruh brosur UNICELL yang terkait dengan pelekatan uji Laboratorium milik PT CELLCIUS INDOPERKASA dari peredaran atau pasaran yang masih ada di PT UNIVERSAL INDO PERSADA dalam tenggang waktu 7 x 24 jam terhitung sejak penandatanganan berita acara perdamaian secara notariil dan tidak akan mempergunakannya lagi.

4. Bahwa kami berjanji untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut diatas baik di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

5. Serta kami PT. Universal Indo Persada dan PT.Cellcius Indoperkasa telah menyelesaikan perkara ini melalui jalur perdamaian tanpa adanya unsur paksaan dari pihak manapun.

Demikian Permohonan maaf kami ini , kami buat dengan penuh kesadaran dan tanpa paksaan dari pihak manapun dan bilamana kami melanggar apa yang secara tegas kami nyatakan dalam permohonan maaf ini, maka kami bersedia dituntut sesuai dengan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku baik secara pidana maupun perdata.

 

 

 

                                                                                                                                                Bandung, 1 September 2018

                                                                                                                                                 Kami yang memohon maaf

 

 

 

 

                                                                                                                                                              Hendra Liem

                                                                                                                                Direktur PT UNIVERSAL INDO PERSADA ( UNICELL )

 

 

(*)

 

 

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kapolda Metro Akan Tindak Polisi Penerobos Pintu Tol yang Viral

Posted: 04 Sep 2018 09:21 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis akan tindak tegas anggotanya yang bertindak arogan. Hal ini terkait aksi anggota lalu lintas yang menerobos masuk pintu Tol Senayan, pada Minggu 2 September.

"Ya kalau dia (anggota) tidak tertib kita tindak. Begini, anggota itu sudah ada semua aturan mainnya. Kalau dia melanggar ya ditindak," tegas Idham di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/9/2018).

Dirinya akan memanggil Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Polda Metro Jaya Kombes Pol Alfred Papare dan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf untuk menanyakan hal tersebut.

"Selama ini juga jelas kok kebijakan saya, siapa anggota yang melanggar kita tindak. Ada kategori disiplin, ada etika, ada pidana. Nanti tinggal kita lihat aja," katanya.

 

Tak Bergaya Preman

Motor Patwal menerobos palang pintu tol setelah pengemudi mobil mentab e-toll di mesin GTO.

Idham menegaskan, selain tak boleh arogan, ia juga meminta agar anggotanya tak boleh bergaya preman dalam bertugas.

"Kalau sudah tau kan ditindak. Enggak ada, enggak boleh anggota polisi mentang-mentang, enggak boleh sok-sokan. Enggak boleh arogan, iya kan. Jadi kalau dia melanggar kita tindak, saya yakinkan sama teman-teman, pasti saya tindak," ia memungkasi.

 

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: