Selasa, 25 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Klasemen Piala AFC 2018: Timnas Indonesia Jadi Juara Grup C?

Posted: 25 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Tak hanya sekadar lolos ke fase knock out, Timnas Indonesia U-16 juga berpeluang jadi juara Grup C Piala AFC U-16 2018. Itu jika mereka tidak menelan kekalahan saat melawan India di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018).

Saat ini Timnas Indonesia U-16 dalam posisi yang bagus di Grup C Piala AFC U-16 2018. Satu kemenangan dan satu hasil imbang membawa tim besutan Fakhri Husaini itu bertengger di puncak klasemen Grup C dengan raihan empat poin.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sukses menghajar Iran 2-0 dan bermain 1-1 melawan Vietnam. Otomatis, jika mampu menahan India pada laga pamungkas Grup C di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018), Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan bakal keluar sebagai juara grup.

Namun, India juga bukan tim yang bisa diremehkan Timnas Indonesia U-16. Mereka mengoleksi empat poin setelah menang 1-0 atas Vietnam dan menahan Iran tanpa gol. Artinya, India memiliki pertahanan yang solid hingga tim seperti Vietnam dan Iran pun kewalahan.

Di sisi lain, Timnas Indonesia berpeluang menorehkan sejarah jika mampu lolos dari fase grup. Pasalnya, terakhir kali Indonesia lolos dari fase grup Piala AFC U-16 adalah edisi 1990.

 

Klasemen Grup C Piala AFC U-16

Nomor/Tim/Main/Menang/Imbang/Kalah/Selisih gol/Poin

1. Indonesia: 2 / 1 / 1 / 0 / +2 / 4

2. India: 2 / 1 / 1 / 0 / +1 / 4

3. Vietnam: 2 / 0 / 1 / 1 / -1 / 1

4. Iran: 2 / 0 / 1 / 1 / -2 / 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Pengganti Din Syamsuddin sebagai Utusan Khusus Presiden Segera Diputuskan

Posted: 25 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi segera menunjuk figur baru pengganti Din Syamsuddin sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama serta Peradaban. Din mengundurkan diri dari jabatannya karena ingin menjaga netralitas di Pilpres 2019.

"Sudah banyak (calon pengganti Din Syamsuddin), tinggal saya putuskan, tapi belum," ujar Jokowi usai membagikan 10.000 sertipikat tanah untuk warga Kabupaten Tangerang Selatan dan Kota Tangerang di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan, Rabu (26/9/2018).

Jokowi menyebut, penunjukan pengganti Din paling lama hari ini atau Kamis,27 September 2018. Jokowi sendiri baru menerima surat pengunduran diri Din pada Selasa, 25 September 2018 sore.

"Secepatnya saya akan tunjuk penggantinya," sambung dia.

Jokowi mengaku menghormati keputusan Din untuk mundur dari Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama serta Peradaban.

Dia meyakini, langkah yang diambil Ketua Dewan Pertimbangan MUI itu sudah melalui pertimbangan yang matang.

"Beliau tentu sudah banyak pertimbangan, pertimbangan matang untuk mundur dari jabatan itu. Karena mungkin pertimbangan yang bersifat politis, beliau ingin di tengah, ingin netral. Saya sangat menghargai apa yang sudah diputuskan Pak Din," kata Jokowi.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini memastikan mundurnya Din tidak menjadikan bidang Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban dalam pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dihapus.

"(Dialog dan Kerjasama Antaragama dan Peradaban) Masih ada, karena ini sangat diperlukan sekali untuk dialog antaragama, antarnegara," tegasnya.

 

Alasan Din Mundur

Utusan Khusus Presiden Bidang Dialog Kerja Sama Antar-agama dan Peradaban, Din Syamsuddin (tengah) saat melakukan pertemuan di Gedung PGI, Jakarta, Senin (30/10). Pertemuan membahas merajut kerukunan umat beragama ke depan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya Din Syamsuddin menemui Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, 25 September 2018. Pertemuan itu membahas pengunduran dirinya sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerjasama Antaragama serta Peradaban.

"Saya sampaikan alasan ini semata-mata untuk kebaikan, kemashalatan terutama penunaian tugas dan kegiatan saya selama ini di luar utusan khusus yang banyak terlibat sebagai pemimpin dari organisasi atau gerakan yang bersifat lintas," kata Din.

Menurutnya, Jokowi memahami pertimbangan dan keputusan yang diambil oleh dirinya. Din mengungkap, dia memimpin sejumlah lembaga kemasyarakatan, salah satunya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI, yang memiliki anggota terdiri dari sejumlah organisasi kemasyarakatan Islam yang majemuk sehingga perlu menjaga netralitas.

"Jadi kalau saya masih menjabat sebagai utusan khusus presiden yang sekarang menjadi calon presiden itu, banyak yang memahaminya berarti saya hanya di sini, di satu pihak. Dan itu akan menghalangi dan tidak memudahkan upaya saya untuk membangun kebersamaan dari masyarakat majemuk di berbagai organisasi tadi," jelas Din.

Dia menambahkan upaya membangun kebersamaan dan merawat kemajemukan harus orang yang netral dari tarik menarik kepentingan politik. Presiden pun mengapresiasi kinerja Din saat mengemban amanah sebagai utusan khusus presiden.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mulai Pendaftaran, Pemkot Yogyakarta Buka 356 Lowongan Formasi

Posted: 25 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Telah dibuka lowongan untuk bekerja di lingungan Pemerintah Kota Yogyakarta. Total kuota yang tersedia yakni sebanyak 356 lowongan CPNS, dengan rincian tiga formasi khusus untuk tenaga honorer dan 353 formasi umum.

Posisi yang tersedia untuk formasi khusus adalah tenaga guru, sedangkan 353 formasi umum dialokasikan untuk posisi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Dari kuota tersebut, dibutuhkan 112 guru, 153 tenaga kesehatan, dan 88 tenaga teknis.

Penetapan ini sesuai dengan Surat Pengumuman Nomor 800/3685 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta pada 2018. Terkait rincian dan persyaratan tiap formasi, tata cara pendaftaran, dan jadwal seleksi akan disampaikan lebih lanjut melalui portal pendaftaran di sscn.bkn.go.id

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kota Yogyakarta, Maryoto, mengatakan  alokasi sebesar 356 lowongan dari pemerintah pusat itu belum sesuai dengan usulan dari Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Kami mengajukan usulan sebanyak 813 formasi tetapi yang disetujui hanya 356 formasi saja," ujar Maryoto, dikutip dari Antara, Rabu (26/9/2018). (Felicia Margaretha)

 

 

BKN Imbau Pelamar CPNS 2018 Jangan Daftar Pakai Smartphone

Beberapa peserta tes CPNS serius melakukan simulasi sistem tes seleksi CPNS berbasis online di Jakarta, (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 telah dibuka hari ini. Para pelamar bisa mendaftar lewat situs https://sscn.bkn.go.id.

Kadang saat mendaftar satu atau dua masalah bisa terjadi. Masalah pertama ketika koneksi terputus saat mendaftar dan akun tertulis sudah terdaftar ketika telah daftar ulang.

Mengenai hal tersebut, BKN lewat Twitter resminya menyebut bahwa peserta tinggal login saat mendaftar.

"Pagi ini sudah banyak yang bertanya, setelah berhasil daftar kemudian saat mengisi data koneksi gagal. Tapi tidak bisa mendaftar lagi karena akun telah terdaftar."

"Seperti bermain media sosial, kalau sudah mendaftar akun. Apa yg harus dilakukan? apakah daftar lagi atau login?" cuit @BKNgoid, Rabu (26/9/2018).

Masalah lain adalah imbauan agar tidak mendaftar lewat smartphone karena dikhawatirkan terjadi kesalahan memasukkan data. Pemakaian PC atau Laptop pun dianjurkan.

"Paling penting #SobatBKN, Harap mendaftar menggunakan PC/Laptop karena sering terjadi kesalahan input data oleh pelamar jika menggunakan smartphone," lanjut BKN.

Dalam panduan mendaftar SSCN, pendaftar juga telah diingatkan agar membaca ulang sebelum mengirim data mereka.

Di SSCN dan situs instansi yang membuka CPNS juga telah disediakan informasi lengkap mengenai persyaratan, sehingga menjadi tanggung jawab pelamar untuk membaca dengan lengkap.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Tips Berhenti Merasa Paranoid dalam Hubungan Cinta yang Baru

Posted: 25 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang bisa menghancurkan hubungan cinta di masa depan lebih cepat dari kekhawatiran karena hubungan di masa lalu yang buruk. Kekhawatiran tersebut bisa berubah menjadi paranoid.

Jelas masalahnya bukan pada pasangan baru Anda, namun lebih pada beban emosional dan trauma dari masa lalu. Dilansir dari yourtango.com, berikut ini adalah beberapa tips untuk berhenti merasa paranoid dalam hubungan cinta yang baru. Penasaran?

1. Sadarilah bahwa trauma tersebut berhubungan dengan masa lalu

Anda mungkin bisa mengingat perasaan di masa lalu dengan sangat jelas, namun perasaan tersebut tidak akan serupa dengan hal yang dirasakan dalam hubungan cinta saat ini.

 

 

Mencari bantuan seorang profesional

Ilustrasi Foto Pasangan Bertengkar (iStockphoto)

2. Mencari bantuan

Pertimbangkan untuk menghubungi psikoterapis. Anda perlu merasa aman untuk mengeksplorasi hal-hal tersebut dengan seseorang yang terpercaya.

3. Tetaplah hadir di masa ini

Cobalah untuk menjadi lebih sadar dengan apa yang terjadi di sekitar Anda saat ini untuk menghilangkan ketakutan- ketakutan di masa lalu.

Mencari tahu pemicu dari semua ketakutan Anda

Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/GeorgeRudy)

4. Mencari tahu pemicu yang mendorong Anda terus ketakutan

Coba cari tahu pengalaman atau perjalanan apa yang Anda lalui dan menyebabkan trauma tersebut terus menerus kembali. Melakukan hal ini dengan mengikuti alur pemikiran dan asosiasi kesadaran bisa membuat Anda memahami dan mengubah ketakutan yang dialami.

5. Jujur tentang diri sendiri

Lebih jujur terhadap pilihan yang Anda buat untuk bisa mengelola emosi dengan lebih baik dan mengembangkan hubungan yang ada. Anda sendiri yang harus membersihkan sisa-sisa dari masa lalu untuk bisa berhenti paranoid tentang masa depan hubungan cinta saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin Tegaskan Tak Ada Perpecahan di NU

Posted: 25 Sep 2018 10:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menegaskan hubungannya dengan Mahfud MD tidak ada masalah. Hal itu dia katakan usai pertemuan dengan keluarga Gus Dur. Mahfud kebetulan juga menemani Sinta Nuriyah dan Yenny Wahid.

Mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama (NU) itu mengatakan, sesama warga NU sama sekali tidak ada perpecahan seperti yang kerap dituding. Ma'ruf Amin menyebut bahwa Mahfud juga merupakan warga NU.

"Kita nggak ada apa-apa. Bagi saya Pak Mahfud itu warga NU, tak ada isu yang seperti ini-itu, karena itu saya juga mohon maaf kalau ada isu-isu yang tak baik," kata Ma'ruf di rumah keluarga Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Ciganjur, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).

Ma'ruf menjadi cawapres kedua yang bersilaturahmi dengan keluarga Gus Dur. Dia bertemu dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah dan anaknya, Yenny Wahid. Sebelumnya, Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno telah mengunjungi keluarga Gus Dur.

Pada kesempatan ini pula Ma'ruf menegaskan bahwa keluarga Gus Dur akan saling mendukung demi membangun bangsa. Ma'ruf sebagai cawapres hanya meminta doa restu.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu menyatakan, dirinya tak muluk-muluk incar kekuasaan. Hanya mendampingi Jokowi untuk membantu mempersiapkan generasi yang akan datang.

"Saya hanya menyiapkan saja, membantu Pak Jokowi. Pasti saya tak akan menikmati hasil pembangunannya itu," ucap Ma'ruf Amin.

Sepakat Bersatu

Mahfud, yang sebelumnya juga masuk bursa cawapres Jokowi mengatakan telah sepakat soal saling klaim status ke-NU-an. Bahwa tak ada NU saling kotak-mengotakan. Mantan Ketua MK itu menjamin NU tidak terpengaruh politik praktis.

"Oleh karena itu tadi disepakati tidak ada lagi apa namanya saling ejek ada NU kultural NU struktural, karena satu semua. Struktural itu pelayan kultural, yang kultural itu penyangga yang struktural. Sehingga ke depannya tidak ada lagi urusan kotak-kotak," tandasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roy Kiyoshi Merasa Lebih Nyaman Sejak Dipanggil Dedek

Posted: 25 Sep 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Roy Kiyoshi belakangan menjadi buah bibir di masyarakat. Pertama, Roy Kiyoshi disebut telah melakukan operasi plastik karena wajahnya dianggap berubah. Selain rahangnya yang lebih tirus, matanya pun tampak lebih sipit.

Kedua, Roy Kiyoshi juga disebut mengubah bentuk gigi depannya menjadi seperti gigi kelinci. Hal ini lagi-lagi menjadi bahan perbincangan orang banyak.

Selain penampilan, sapaan Roy Kiyoshi juga mendadak jadi cibiran. Dalam sebuah video yang tersebar di media sosial, artis 31 tahun tersebut meminta agar orang di sekelilingnya memanggilnya dengan sapaan "dedek".

Lantas, apa alasan pria yang mengaku indigo ini meminta orang-orang untuk memanggilnya dengan sapaan "dedek"?

Alasan

[Foto: Instagram Roy]

"Kalau dedek tuh kesannya jadi kayak kita lebih dekat, lebih nyaman, enggak ada batas antara kita dan kamu, Roy Kiyoshi. Kalau kokoh tuh kesannya kayak kokoh-kokoh Glodok tahu enggak sih, hehe," kata Roy Kiyoshi di SCBD, Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018).

Kata Roy Soal Cibiran

Roy Kiyoshi (instagram/roykiyoshi)

Terkait cibiran yang dialamatkan padanya, Roy Kiyoshi juga tak merasa terganggu. Demi ketenangan, ia memilih untuk mengacuhkan omongan negatif sejumlah orang dan tetap berpikir positif.

"Aku sama sekali enggak tersinggung karena kita semuanya bertemen. Kebetulan teman dekat semuanya. Baik semua sama aku. Saya sebenarnya enggak masalah ya kalau misal perawatan terus orang-orang komentar," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Kaget, Ini Estimasi Biaya Produksi iPhone XS Max

Posted: 25 Sep 2018 10:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple belum lama ini merilis iPhone terbarunya, iPhone XS dan iPhone XS Max ke pasaran. Di antara keduanya, iPhone XS Max didapuk jadi perangkat paling mahal.

Bahkan, iPhone XS Max menjadi perangkat iPhone paling mahal yang pernah dijual Apple sepanjang debut iPhone. Ya, iPhone XS Max berkapasitas 512GB dibanderol USD 1.499 atau setara Rp 22,3 jutaan jika dikonversi dengan kurs dolar AS saat ini.

Namun, siapa sangka estimasi biaya produksi iPhone XS Max ternyata jauh lebih murah ketimbang harganya di pasaran.

Terbaru, sebuah media bernama TechInsight mengestimasi biaya produksi iPhone XS Max.

Dalam laporan yang Tekno Liputan6.com kutip dari Phone Arena, Rabu (26/9/2018), biaya produksi iPhone XS Max berkapasitas 256GB hanya USD 443 atau setara Rp 6,6 jutaan.

Tampilan iPhone XS dan iPhone XS saat dibongkar (Foto: iFixit)

Sementara, model iPhone XS Max sendiri di pasaran dijual seharga USD 1.299 atau setara Rp 19,3 jutaan.

Jika estimasi ini benar, Apple bisa untung tiga kali lipat dari biaya produksi tiap menjual satu unit iPhone XS Max.

Terlepas dari itu, TechInsight menyebut, biaya produksi iPhone XS Max meningkat USD 50 (setara Rp 750 ribuan) dibandingkan biaya produksi iPhone X tahun lalu.

Komponen-Komponen iPhone XS Max

Komponen dalam iPhone XS Max (Foto: iFixit)

Jika dirinci, komponen paling mahal pada iPhone XS Max adalah layar 6,5 inci yang satu unitnya mencapai USD 80,5 (setara Rp 1,2 jutaan) per panel.

Komponen selanjutnya yang juga mahal adalah chip Apple A12 Bionic dan modem yang dibanderol USD 72 (setara Rp 1 jutaan) per unit.

Sejumlah komponen lain yang juga mahal adalah ruang penyimpanan internal dan external housing yang masing-masing harganya USD 64 (setara Rp 950 ribuan) dan USD 58 (setara Rp 865 ribuan).

Tidak hanya itu, Apple juga memperbarui kamera iPhone XS Max dengan sensor kamera yang lebih baik. Meski begitu, harga komponen ini hampir sama dengan yang digunakan tahun lalu, yakni USD 44 atau setara Rp 650 ribuan.

Biaya Lain-Lain

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Namun, tentu ada biaya-biaya lain di luar komponen saat memproduksi iPhone XS Max.

Salah satunya adalah biaya penelitian dan pengembangan smartphone. Selain itu, ada pula biaya yang dirogoh Apple untuk pengembangan iOS versi terbaru agar optimal digunakan pada perangkat.

Biaya lain yang juga jadi pertimbangan kenapa smartphone ini mahal dijualnya adalah biaya distribusi serta iklan iPhone terbaru ini.

Tentunya biaya-biaya tersebut ikut dihitung dan dimaksukkan dalam komponen produksi iPhone XS Max.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Banten Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

Posted: 25 Sep 2018 10:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polda Banten menggelar simulasi terkait potensi chaos pada Pemilu 2019. Adegan simulasi dilakukan sejak berada di tempat pemungutan suara (TPS) hingga teror bom.

"Kita cegah gangguan keamanan, seperti curat dan curas, lalu gangguan lainnya selama Pemilu 2019. Terutama di KPU dan gangguan keamanan lainnya," kata Wakapolda Banten Kombes Pol Tomex Koerniawan di Alun-alun Barat Kota Serang, Rabu (26/9/2018).

Setidaknya, 590 personel gabungan siap diterjunkan mengamankan Pemilu 2019. Mereka terdiri dari Linmas, Satpol PP, TNI dan Polri.

"Tidak semua personel yang latihan di sini, kita turunkan semuanya. Di Polda kita sudah menyiapkan tim Siber untuk melacak yang berkaitan adanya hoaks," kata Tomex.

Personel gabungan diminta untuk menangani setiap potensi konflik dengan mengedepankan tindakan humanis dan preventif. Selain itu, personel pengamanan diminta untuk berpegang pada regulasi pengamanan konflik pada Pemilu 2019.

"Utamakan langkah humanis jika dilakukan penegakan hukum, dilakukan secara profesional dan proporsional. Sehingga kita bisa bertindak cepat dan tepat," jelas Tomex.

90 Daerah Rawan di Pemilu 2019

Polda Banten menggelar simulasi pengamanan Pemilu 2019. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochamad Afifuddin memprediksi isu SARA, netralitas aparatur sipil negara (ASN), dan politik uang akan meningkat pada kampanye Pemilu 2019. Berdasarkan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 2019, terdata 90 wilayah kabupaten/kota dengan tingkat kerawanan SARA tinggi.

"Penggunaan ujaran kebencian dan politisasi SARA pada indeks rawan tinggi terdapat 90 kabupaten/kota dan indeks rawan sedang berjumlah 424 kabupaten/kota," kata Afif di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (25/9/2018).

Kemudian, kata dia, netralitas ASN pun harus diperhatikan pada Pemilu 2019. Berdasarkan data, terdapat 94 kabupaten/kota di Indonesia yang indeks kerawanannya tinggi.

"Indeks rawan sedang berjumlah 420 kabupaten/kota," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ditemani Mahfud Md, Ma'ruf Amin Silaturahmi ke Keluarga Gus Dur

Posted: 25 Sep 2018 10:31 PM PDT

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (dua kiri) bersama istri Gus Dur, Sinta Nuriyah dan mantan ketua MK Mahfud MD (kiri) serta Yenny Wahid usai menggelar pertemuan di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (dua kiri) bersama istri Gus Dur, Sinta Nuriyah dan mantan ketua MK Mahfud MD (kiri) serta Yenny Wahid usai menggelar pertemuan di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin memberi keterangan usai bertemu istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma'ruf Amin juga meminta restu kepada keluarga Gus Dur berkaitan perhelatan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin memberi keterangan usai bertemu istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma'ruf Amin juga meminta restu kepada keluarga Gus Dur berkaitan perhelatan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah memberi keterangan usai menerima kunjungan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma'ruf datang ditemani Mahfud MD dan sejumlah kiai. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri Gus Dur, Sinta Nuriyah memberi keterangan usai menerima kunjungan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma'ruf datang ditemani Mahfud MD dan sejumlah kiai. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah memberi keterangan usai menerima kunjungan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Istri presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Sinta Nuriyah memberi keterangan usai menerima kunjungan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mantan ketua MK Mahfud MD (tengah) memberi keterangan usai melakukan pertemuan dengan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (kanan) dan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di kawasan Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mantan ketua MK Mahfud MD (tengah) memberi keterangan usai melakukan pertemuan dengan cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin (kanan) dan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di kawasan Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin usai menggelar pertemuan dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma'ruf Amin juga meminta restu kepada keluarga Gus Dur berkaitan perhelatan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin usai menggelar pertemuan dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Ma'ruf Amin juga meminta restu kepada keluarga Gus Dur berkaitan perhelatan Pilpres 2019. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin melambaikan tangan usai bertemu dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin melambaikan tangan usai bertemu dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah di Ciganjur, Jakarta, Rabu (26/9). Pertemuan tersebut dalam rangka silaturahmi. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kata Wapres JK soal Pidato Trump di Sidang Umum PBB: Dia Lebih Tenang dari Biasanya

Posted: 25 Sep 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, New York - Porsi pidato Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Sidang Majelis Umum PBB 2018 pada Selasa 25 September 2018 mendapat tanggapan beragam.

Dalam salah satu momen yang lebih luar biasa dalam sejarah Sidang Majelis Umum PBB tahunan, seisi ruangan sempat pecah dalam tawa spontan atas klaim Trump yang dalam pidatonya mengatakan, "dalam waktu kurang dari dua tahun, pemerintahan saya telah mencapai lebih dari yang dilakukan oleh hampir semua pemerintahan dalam sejarah negara kita (AS)," demikian seperti dikutip dari The Guardian (26/9/2018).

Sebagai salah satu delegasi dunia yang hadir, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) memiliki penilaian tersendiri atas keseluruhan pidato Donald Trump.

Menurut Wapres JK, keseluruhan penyampaian pidato Trump pada tahun ini lebih komunikatif dan lebih baik dari tahun kemarin.

"Pidato Trump hari ini jauh lebih tenang dari biasanya," kesan Wapres JK, seperti dikutip dari rilis resmi Kantor Juru Bicara Wakil Presiden RI, yang diterima Liputan6.com, Rabu (26/9/2018).

Meskipun ada beberapa langkah-langkah kebijakan, salah satunya soal ekonomi yang menuai kontroversi, namun kali ini, orang nomor satu di Negeri Paman Sam terlihat lebih tenang dari biasanya.

"Karena ada orang mengatakan kalau Amerika batuk, dunia bisa flu kan. Hari ini dia tenang, jadi kita tenang juga," imbuh Wapres JK.

Seperti diketahui, Presiden Donald Trump berbicara di urutan ketiga setelah Sekjen PBB Antonio Gutteres dan Presiden Brasil Michel Temer pagi ini.

 

Simak video pilihan berikut:

Trump Menolak Globalisme dan Puji Korea Utara

Presiden AS Donald Trump saat berpidato di Sidang Majelis Umum PBB 2018 di New York (25/9) (Mary Altaffer / AP PHOTO)

Di samping menyatakan kejemawaan soal klaimnya atas kesuksesan pemerintahan AS saat ini --yang disambut tawa oleh para delegasi-- Donald Trump juga mendesak dunia untuk menolak globalisme dan merangkul patriotisme, merefleksikan kembali ego dan kebijakan "America First"-nya.

"Amerika diatur oleh orang Amerika," kata Trump. "Kami menolak ideologi globalisme dan kami merangkul doktrin patriotisme."

Tentang penekanannya pada kedaulatan, pidato 34 menit Trump juga menggemakan kembali pandangannya soal proteksionisme, seperti yang telah ia tekankan pada pidato perdananya di Sidang Majelis Umum PBB tahun lalu.

Sekarang, Korea Utara Jadi 'Sekutu' Trump

Namun, kontras dengan apa yang ia sampaikan dalam pidato tahun lalu, pada Sidang Majelis Umum PBB 2018, Trump memasukkan diktator Korea Utara, Kim Jong-un, menjadi salah satu 'sekutunya'. Padahal, pada edisi sidang 2017, ia pernah mengancam untuk "menghancurkan" Korea Utara.

Setahun berlalu, kini, Trump berterima kasih kepada pemimpin negara itu atas "keberaniannya, dan untuk langkah-langkah yang telah diambilnya" --mereferensi pada KTT di Singapura pada Juni 2018 dan mencairnya hubungan diplomatik Korea Utara dan Korea Selatan sepanjang tahun ini.

Trump menggambarkan pertemuannya dengan Kim di Singapura sebagai terobosan dramatis, dengan mengatakan, "rudal dan roket tidak lagi terbang ke segala arah," uji coba nuklir telah dihentikan, tahanan AS telah dibebaskan dan sisa-sisa tentara AS yang gugur telah dikembalikan.

Donald Trump juga mengatakan, KTT di Singapura mewakili "momen yang sebenarnya jauh lebih besar daripada yang orang pahami".

Bertolak belakang dengan pendapat Trump, pakar dan organisasi internasional pemerhati isu nuklir tak yakin bahwa Korea Utara berkomitmen menuju denuklirisasi, mengingat, betapa semu janji yang diutarakan oleh Kim Jong-un, baik kepada Washington maupun kepada Seoul sekalipun.

Pyongyang pun telah menegaskan bahwa mereka tak akan melakukan denuklirisasi, hanya jika, hal itu tak disambt dengan "inisiatif positif" dari AS --yakni berupa peringanan hingga pencabutan penuh sanksi ekonomi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Papua Usulkan Penerimaan CPNS Pakai Jalur Manual

Posted: 25 Sep 2018 10:31 PM PDT

Liputan6.com, Jayapura - Pemerintah Provinsi Papua bersama 28 kabupaten dan satu kota menyepakati seleksi penerimaan CPNS/CASN tahun anggaran 2018 untuk Bumi Cenderawasih bersifat offline atau luar jaringan (luring), dan hal ini akan segera diusulkan kepada pemerintah pusat.

Sekda Provinsi Papua TEA Herry Dosinaen di Kota Jayapura, mengatakan keputusan itu diambil berdasarkan kesepakatan pada pertemuan Selasa, 25 September 2018, pagi antara Gubernur Lukas Enembe, dengan MRP, DPRP, dan 28 bupati dan satu wali kota di Sasana Karya.

"Pak gubernur, ketua MRP, dan ketua DPRP yang diwakili oleh Komisi I dan bersama 28 bupati dan satu wali kota, rapat bersama di Sasana Karya terkait formasi CPNS 2018, di mana hasil kesepakatan bersama adalah seleksi atau penerimaannya bersifat offline bukan online atau dilakukan secara manual, itu pertama," katanya, dilansir Antara.

Lalu, hal lain yang diputuskan pada pertemuan tersebut terkait formasi K2 yang akan diperjuangkan oleh pimpinan daerah ke pemerintah pusat.

"Kedua adalah kewenangan ada di pembina kepegawaian atau di tingkat provinsi ada pada gubernur dan di kabupaten/kota ada di bupati/wali kota, dan ini yang disepakati. Dan juga ada formasi K2 yang sampai kini belum diakomodir ini yang akan diperjuangkan," katanya.

"Ada formasi khusus yang nantinya gubernur bersama DPRP dan MRP, para bupati dan wali kota untuk minggu depan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana negara guna menyampaikan hal-hal terkait penerimaan CPNS, maupun IPDN atau sejumlah sekolah kedinasan dan juga tentang PON XX pada 2020," sambungnya.

Mengenai hal itu, kata dia, Gubernur Lukas Enembe telah menandatangani surat penyampaian kesepakatan dalam pertemuan tersebut agar segera dikirimkan ke Jakarta.

"Pak gubernur sudah menandatangani surat untuk penyampaian kepada Presiden Joko Widodo untuk meminta waktu. Pak Asisten III akan menuju ke Jakarta dan berhubungan dengan protokoler kepresidenan untuk meminta jadwal pertemuan dengan Bapak Presiden Jokowi bersama gubernur dan DPRP, MRP, dan para bupati dan wali kota se-Provisi Papua," katanya.

 

Fokus untuk Putra Daerah

Ilustrasi tes CPNS

Lebih lanjut, kata Herry, Pemerintah Provinsi Papua akan segera mendorong pembuatan Perdasi atau Perdasus terkait penerimaan CPNS secara offline atau luring.

Mengenai sekolah kedinasan, Herry mengatakan nantinya kampus IPDN Papua yang terletak di Buper Waena, Kota Jayapura, dijadikan tempat pelatihan bagi anak-anak asli Papua yang ingin masuk di sekolah tersebut.

"Ada sejumlah sekolah kedinasan, kami berkomitmen nanti kampus IPDN Papua menjadi tempat pelatihan bagi anak-anak Papua dalam rangka persiapkan diri untuk seleksi sekolah-sekolah kedinasan jadi bukan IPDN saja, ada kepolisian, TNI, PLN, Telkom dan juga sekolah kedinasan lainnya," katanya.

Dengan begitu, kata dia, ada keterwakilan orang asli Papua dari 28 kabupaten dan satu kota untuk menempuh sekolah kedinasan.

"Para bupati dan wali kota serta gubernur menyiapkan anak-anak kita untuk sekolah kedinasan, jadi tidak dianggap sebelah mata, tapi benar-benar ke depan punya kompetensi yang luar biasa dan bisa bersaing dengan teman-teman dari daerah lain," katanya.

Herry berkeyakinan usulan tersebut akan diterima dan dipertimbangkan oleh Presiden Joko Widodo.

"Yang pastinya kita tetap berjuang bahwa ada kekhususan di Papua, yang jelas gubernur dan bupati sudah berjuang untuk off line," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AFC Ganti Venue Pertandingan Terakhir Timnas Indonesia U-16 di Malaysia

Posted: 25 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Federasi sepak bola Asia (AFC) mengubah venue pertandingan Timnas Indonesia U-16 di pertandingan ketiga Grup C Piala AFC U-16. Perubahan dilakukan demi alasan keamanan.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi India pada Kamis (27/9/2018) pada laga terakhir Grup C Piala AFC U-16. Sejatinya, duel ini akan berlangsung di UM Arena Stadium.

Namun atas permintaan Timnas Indonesia U-16, AFC memindahkan venue laga ke Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur. Perubahan venue ini mempertimbangkan banyaknya suporter Garuda Asia.

"Stadion Nasional di Bukit Jalil akan menjadi tuan rumah pertandingan India-Indonesia sementara IR Iran dan Vietnam akan bermain di Arena UM," bunyi pernyataan resmi AFC di situs resminya.

"Perubahan tempat pertandingan mempertimbangkan kekhawatiran keamanan dan kontrol akses yang diangkat oleh Asosiasi Sepakbola Malaysia dan Indonesia."

UM Arena yang berkapasitas 1.000 penumpang diprediksi tidak bisa menampung suporter Timnas Indonesia U-16. Di laga sebelumnya, melawan Vietnam, suporter Garuda Asia datang ke stadion lebih dari 11 ribu orang.

Lawan Timnas Indonesia U-16

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan kemenangan atas Iran pada laga Grup C Piala AFC U-16. (PSSI)

Timnas Indonesia U-16 masih berada di puncak klasemen Grup C dengan raihan empat poin. Bila kembali menang atas India, Garuda Asia dipastikan bakal menjadi juara Grup C.

Sebagai juara Grup C, Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi runner up Grup D antara Australia dan Irak.

"Pertandingan perempat final antara pemenang Grup C dan Grup D runner-up pada 1 Oktober, juga telah dipindahkan ke Stadion Nasional," bunyi pernyataan resmi AFC.

 

Klasemen Grup C Piala AFC U-16

Nomor/Tim/Main/Menang/Imbang/Kalah/Selisih gol/Poin

1. Indonesia: 2 / 1 / 1 / 0 / +2 / 4

2. India: 2 / 1 / 1 / 0 / +1 / 4

3. Vietnam: 2 / 0 / 1 / 1 / -1 / 1

4. Iran: 2 / 0 / 1 / 1 / -2 / 1

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Tertekan Rencana Kenaikan Suku Bunga The Fed

Posted: 25 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadsap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Rabu ini. Ekspektasi kenaikan suku bunga Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed) menjadi pendorong penguatan dolar AS.

Mengutip Bloomberg, Rabu (26/9/2018), rupiah dibuka di angka 14.944 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.917 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.930 per dolar AS hingga 14.944 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 10,19 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok di angka 14.938 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.893 per dolar AS.

Ekonom Samuel Aset Manajamen Lana Ssoelistianingsih mengatakan, ekspektasi terhadap kebijakan The Fed menaikkan suku bunga di pertemuan FOMC pada 25-26 September ini cukup tinggi direspons pelaku pasar untuk mengakumulasi dolar AS.

"Pasar masih bereaksi sehingga membuat dolar AS menguat terhadap sebagian besar mata uang dunia. Suku bunga The Fed diperkirakan naik 25 bps sehingga menjadi 2,25 persen," katanya seperti dikutip dari Antara.

Pada 2018 ini, lanjut dia, pasar masih memperkirakan ada satu kali kenaikan lagi kemungkinan di pertemuan November atau Desember.

Ia menambahkan, begitupun dengan imbal hasil dari obligasi Amerika Serikat. Imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun tercatat naik 28 basis poin (bps) menjadi 3,09 persen.

 

Dolar AS Diuntungkan

Petugas menghitung uang pecahan dolar Amerika di salah satu gerai penukaran mata uang di Jakarta, Jumat (18/5). Pagi ini, nilai tukar rupiah melemah hingga sempat menyentuh ke Rp 14.130 per dolar Amerika Serikat (AS). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra, menambahkan dolar AS mendapat manfaat dari pandangan hawkish pasar seiring proyeksi kenaikan suku bunga The Fed pada September ini.

"Mata uang negara berkembang cenderung mendapatkan tekanan dari dolar AS di tengah proyeksi kenaikan suku bunga The Fed," katanya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nilai Pembobolan Dana 14 Bank oleh SNP versi OJK

Posted: 25 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bareskrim Polri mengungkap kasus pembobolan dana 14 bank oleh lembaga pembiayaan PT Sunprima Nusantara Pembiayaan (SNP) Finance mencapai Rp 14 triliun.

Namun, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat nilai pembobolan dana oleh SNP mencapai Rp 2,4 triliun. Dana itu berasal dari penyaluran kredit yang dilakukan 14 bank kepada SNP. Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV, Slamet Edy Purnomo, menuturkan bahwa kredit bermasalah itu diantisipasi oleh perbankan dengan membentuk cadangan.

"Enggak sebesar itu (dana Rp 14 triliun-red). Terhadap 14 bank yang memberikan kredit kepada SNP sebesar Rp 2,4 triliun dibentuk cadangan untuk absorb risiko," ujar Slamet lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com, seperti ditulis Rabu (26/9/2018).

Dia menuturkan, nilai penyaluran kredit bank itu berdasarkan laporan bank. "Kalau outstanding kredit 14 bank kepada SNP sebesar Rp 2,4 triliun. Saya tidak tahu hitungan pihak kepolisian," kata dia.

Saat ditanya apakah pihak internal bank terlibat, Slamet mengatakan, pihaknya masih menginvestigasi mengenai hal itu. Namun, pihak bank yang salurkan kredit juga sudah investigasi. "Masih diteliti. Tapi bank sendiri khususnya BM sudah melakukan investigasi," ujar dia. 

OJK Pastikan Terus Monitor Kasus Sunprima Nusantara Pembiayaan

Petugas saat bertugas  di Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Jakarta,(4/11/2015). Pengawas Pasar Modal OJK mengatakan pembahasan enam beleid sudah final karena tidak ada lagi perdebatan dari segi substansi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, OJK menyatakan akan terus memonitor masalah SNP Finance dan memantau tim audit internal bank yang melakukan investigas internal. Bahkan OJK akan memberikan sanksi, jika ada pegawai bank yang ikut bertanggung jawab.

Deputi Komisioner Manajemen Strategis dan Logistik OJK, Anto Prabowo, mengatakan OJK akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti kepolisian dan kementerian keuangan, untuk penindakan yang diperlukan.

"Selain itu, OJK melarang penerbitan MTN tanpa seizin OJK. Kemudian langkah koordinasi dengan Kementerian Keuangan berkaitan dengan kinerja Kantor Akuntan Publik," jelas dia dalam keterangannya, Selasa 25 September 2018.

Anto menjelaskan saat ini SNP Finance dalam status dikenakan sanksi pembekuan kegiatan usaha oleh OJK. Pembekuan berlaku sejak Mei 2018 karena belum menyampaikan keterbukaan informasi kepada seluruh kreditur dan pemegang MTN sampai batas waktu sanksi peringatan ketiga, sesuai pasal 53 POJK nomor 29/2014.

"Dengan dibekukannya kegiatan usaha, maka SNP Finance dilarang melakukan kegiatan usaha pembiayaan," kata dia.

Dia menegaskan, apabila SNP finance tetap melakukan kegiatan usaha pembiayaan, OJK dapat langsung mengenakan sanksi pencabutan izin usaha.

Selama masa sanksi pembekuan usaha (PKU), SNP Finance diwajibkan menyampaikan dan melakukan serangkaian tindakan korektif.

"Dalam jangka waktu enam bulan sejak ditetapkan PKU, SNP Finance tidak memenuhi tindakan-tindakan tersebut, maka SNP Finance dapat dikenakan sanksi pencabutan usaha," tegas dia.

Dia menjelaskan, SNP Finance merupakan bagian dari usaha Columbia, toko yang menyediakan pembelian barang secara kredit. Dalam kegiatannya, SNP Finance mendukung pembiayaan pembelian barang yang dilakukan Columbia tersebut, yang bersumber dari kredit perbankan.

Seiring dengan turunnya bisnis toko Columbia, kredit perbankan tersebut mengalami permasalahan dan menjadi NPL. Kondisi itu telah diantisipasi oleh perbankan dengan melakukan pencadangan (PPAP) pada tahun yang sudah lewat, sehingga perbankan dapat meng-absorb risiko gagal bayar.

Salah satu tindakan yang dilakukan oleh SNP Finance untuk mengatasi kredit bermasalah tersebut adalah melalui penerbitan MTN, yang diperingkat Pefindo berdasarkan laporan keuangan yang diaudit oleh KAP DeLoitte.

"Dapat disampaikan bahwa penerbitan MTN tidak melalui proses di OJK, mengingat MTN adalah perjanjian yang bersifat prifat, tapi memerlukan pemeringkatan karena dapat diperjualbelikan," jelas dia.

Selanjutnya, saat terjadi permasalahan, SNP Finance mengajukan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) terhadap kewajibannya sebesar Rp 4,07 triliun, yang terdiri dari kredit perbankan sebesar Rp 2,22 triliun dan MTN sebesar Rp 1,85 triliun.

Sebelumnya diketahui peringkat efek SNP Finance periode Desember 2015-2017 idA-/stable, kemudian Maret 2018 rating SNP Finance naik menjadi idA/stable.

Kemudian, Pefindo menurunkan rating sebanyak dua kali, yakni Mei 2018 diturunkan menjadi idCCC/credit watch negative dan pada bulan yang sama menurunkan lagi ke peringkat idSD/selective default.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekspresi Sedih Syahrini Melihat Kakaknya Dimakamkan

Posted: 25 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rasa duka sedang menyelimuti hati Syahrini dan keluarga besar. Kakak kandung Syahrini, Ridwan Zaelani, meninggal dunia, Selasa (25/9/2018).

Kabar duka ini disampaikan pertama kali oleh Syahrini melalui akun Instagram pribadinya. Dalam keterangannya, ia juga meminta agar kesalahan kakaknya semasa hidup dapat dimaafkan.

"Mohon Di Bukakan Pintu maaf yang sebesar-besarnya atas segala kesalahan yg disengaja maupun yang tidak disengaja. Dan semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi Allah SWT. Wassalamualaikum Wr.Wb. Keluarga (alm) H. Dadang Zaelani," tulis Syahrini.

Keesokan harinya, tepatnya Rabu (26/9/2018) pagi, jenazah Ridwan Zaelani dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blender, Bogor, Jawa Barat. Mengintip unggahan Instagram Stories Syahrini, kesedihan begitu terasa saat prosesi pemakaman.

Kesedihan

[Foto: Instagram Syahrini]

Mengenakan busana muslim dan jilbab serba hitam, Syahrini memegang foto kakaknya tepat di sisi liang lahad. Meski memakai kacamata hitam, kepedihan tak bisa disembunyikan dari wajah Syahrini.

Selain Syahrini, ibu serta adik Ridwan Zaelani, Aisyahrani, juga menghadiri prosesi pemakaman. Mereka terlihat begitu berduka.

Belasungkawa dari Artis

(Adrian Putra/Bintang.com)

Sejumlah artis menyampaikan rasa belasungkawa atas kepergian Ridwan Zaelani. "Turut berduka cita, semoga keluarga diberi ketabahan dan keikhlasan," tulis Luna Maya di Instagram Syahrini.

"Turut berdukacita @princesssyahrini, semoga almarhum diampuni dosa-dosanya, diterima amal baiknya dan masuk surga," tambah Titi Kamal.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Iran Sebut Trump Mau Rusak Ekspor Minyak Negaranya

Posted: 25 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Presiden Iran Hassan Rouhani menuduh Presiden AS Donald Trump dan sekutunya ingin menghentikan ekspor minyak Iran ke beberapa negara lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Cek Fakta] Habibie Sebut Lawan Terberat Prabowo Bukan Jokowi?

Posted: 25 Sep 2018 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa kampanye Pilpres 2019 resmi dimulai sejak Minggu, 23 September 2018. Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pun memulai kampanye untuk kontestasi lima tahunan tersebut.

Namun, beberapa hari menjelang masa kampanye, sebuah unggahan foto dari akun Andi Nino Wirawan di Facebook tersebar di media sosial atau medsos.

Di Facebook, foto yang diunggah pada 19 September 2018 pukul 16.58 itu mendapat 131 komentar dan dibagikan sebanyak 4.600 kali. Unggahan itu juga mendapat sekitar 1.200 tanggapan.

Cek Fakta - Screen capture akun Facebook yang menyebut soal Habibie dan Prabowo.

Klaim

Dalam keterangan unggahannya, Andi Nino Wirawan menulis:

Simak baik2, agar kita memiliki keWaspadaan tinggi, krn LAWAN Terberat Pak Prabowo adalah "KECURANGAN"

Confirm yah dgn apa yg saya katakan Kemarin !!!

Bantu saya utk VIRAL kan Tulisan saya kemarin, Tentang Pak Prabowo, Terimakasih

"BJ Habibie Mengatakan : " Lawan Berat Pak PRABOWO itu bukan jokowi kalau hanya sekedar jokowi Jalan Mudah Buat Pak PRABOWO menuju Kepemimpinan periode berikutnya di 2019,

Kenapa Saya Katakan Begitu karena saya tau siapa prabowo dan saya juga tau sebagai pelaku sejarah yang asli pada masa itu.

Lawan Terberat Pak PRABOWO itu Hoaxs dan Fitnah yang sengaja di hembuskan kelompok2 cyber bayaran yang di telan mentah-mentah sebgaian rakyat dengan pendidikan rendah. Selebihnya tidak ada "ujar habibie kepada CNN,dalam wawancara dalam tajuk Setelah 20 tahun Reformasi!!

Semakin cerdas rakyat & semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, bila akalnya sehat pasti pilih Prabowo.

Cek Fakta - Screen capture situs yang menyebut soal Habibie dan Prabowo

Lain halnya dengan judul artikel di situs cerinews.com. Subjek Prabowo diganti menjadi nama Jokowi.

Berikut isi lengkap artikel yang dipublikasi pada 1 Juni 2018.

BJ Habibie Sebut Lawan Terberat Pak Jokowi Itu Bukanlah Prabowo, Tapi Hal yg Satu Ini!

CeriNews.com - BJ Habibie Mengatakan : " Lawan Berat Pak Jokowi itu bukan Prabowo kalau hanya sekedar Prabowo Jalan Mudah Buat Pak Jokowi menuju Kepemimpinan periode berikutnya di 2019.

Kenapa Saya Katakan Begitu karena saya tau siapa prabowo khan saya juga Yang Pecat Prabowo saat saya Menjadi Presiden peralihan dari bapak soeharto ke saya jadi saya tau siapa itu prabowo,

Saya Tambahkan kembali Kalau Anda ingat dulu prabowo kurang banyak apa di dukung partai sampai 7 partai dan Pak Jokowi hanya 4 partai tapi Takdir allah , dan Kekuatan Rakyat memberikan amanah itu tetap ke bapak jokowi. jadi yg mau saya katakan ,

Lawan Terberat Pak Jokowi itu Hoax dan Fitnah selebihnya tidak ada "ujar habibie kepada CNN,dalam wawancara dalam tajuk Setelah 20 tahun Reformasi!!

So Anda yang ingin Indonesia Lebih Baik..Jangan Diam Lawannn!!!Jangan Lelah, Jangan Malu dukung Jokowi orang yg baik, bener, jujur dan amanah..

#2019TetapJokowi

#2019PilihJokowi

(Dody Haryanto)

 

Penelusuran Video Wawancara

BJ Habibie mengadakan pengajian mengenang wafatnya sang istri Hasri Ainun yang telah menginjak delapan tahun (Merdeka.com/ Yunita)

Akun Andi Nino Wirawan di Facebook mengklaim cuplikan pernyataan itu dari wawancara dengan Presiden ke-3 RI BJ Habibie dengan CNN. Wawancara itu bertajuk "Setelah 20 tahun Reformasi". Pun demikian judul artikel di situs cerinews.com yang juga menyebut mengambil sumber dari CNN.

Pada Selasa (25/9/2018), Cek Fakta Liputan6.com menelusuri materi video wawancara di media berbagi video YouTube.

Fakta

Materi video yang berdurasi 28,49 menit itu berjudul "Habibie Jelang 21 Mei 1998 - Special Interview". Akun atas nama CNN Indonesia mengunggahnya pada 22 Mei 2018 dan telah ditonton sebanyak 37.634 kali.

Ternyata, wawancara utuh selama 28 menit 30 detik berisi penuturan Habibie mengenai 20 tahun reformasi. Intinya, Habibie mengungkapkan kesaksian menjelang dirinya menggantikan Presiden kedua RI Soeharto.

Selain itu, Habibie menuturkan, saat-saat awal dirinya menjabat sebagai presiden. Di bagian akhir, pakar teknologi penerbangan yang dijuluki Mr Crack itu memaparkan harapannya atas cita-cita reformasi.

Adapun bagian yang menceritakan mengenai Prabowo, tidak ada perkataan bahwa lawan terberat Prabowo itu bukan Jokowi. Habibie hanya seputar pencopotan Prabowo yang saat itu berpangkat Letnan Jenderal TNI sebagai Pangkostrad.

Menurut Habibie, Prabowo juga tak bisa sembarangan bertemu dengan dirinya. Sebab, harus dilakukan oleh Pangab saat itu, Jenderal TNI Wiranto.

Bagian wawancara Habibie mengenai Prabowo ini dapat dicek pula situs berita cnnindonesia.com di tautan ini.

 

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, unggahan foto oleh akun Andi Nino Wirawan di Facebook bahwa BJ Habibie mengatakan bahwa lawan berat Prabowo itu bukan Jokowi, adalah tidak benar alias hoaks. Begitu pula klaim artikel di situs cerinews.com, salah atau hoax.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PAN Laporkan Dana Kampanye Sebesar Rp 50 Juta ke KPU

Posted: 25 Sep 2018 10:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) melaporkan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dana yang di laporkan sebesar Rp 50 juta.

"Ya emang baru ada Rp 50 (juta), bagaimana," kata Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Zulkifli menjelaskan dana tersebut bukanlah dana keseluruhan untuk kampanye 2019. Dana tersebut akan terus bertambah secara urunan.

"Nanti kan dikumpulin dari caleg-caleg, ya. Kan kita ada 580 DPR. Kalau Rp 1 juta aja kan sudah Rp 580 juta," ungkapnya.

"Kalau Rp 1 juta. Kalau 10 juta, ya bedalah. Kalau NasDem kan banyak uangnya," ucapnya.

Sebelumnya, KPU Hasyim Asyari mengingatkan bahwa seluruh peserta pemilu 2019 harus menyerahkan laporan awal dana kampanye kepada KPU sebelum tanggal 23 September 2018.

Peserta pemilu yang dimaksud adalah pasangan calon presiden-wakil presiden dan partai politik yang ikut serta dalam pemilu legislatif 2019 di semua tingkatan.

"H-min 1 sebelum dimulainya kampanye 23 September, maka tanggal 22 September itu harus menyerahkan laporan awal dana kampanye," ujar Hasyim, di Gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018).

Dana Capres Cawapres

"Ya, baik pasangan calon presiden-wakil presiden sebagai peserta pemilu pilpres, maupun partai politik sebagai peserta pemilu DPR dan DPRD, untuk parpol di semua tingkatan ya, pusat provinsi maupun kabupaten kota, dan juga calon perseorangan DPD," sambungnya.

Laporan itu nantinya berisi tentang dana yang sudah disiapkan untuk kampanye, baik yang berasal dari pasangan calon atau dari partai politik atau dari sumbangan-sumbangan perorangan. Maupun, dari sumbangan corporate atau kelompok masyarakat.

"Itu sudah dilaporkan kepada KPU H-1 sebelum dimulainya kampanye," sebutnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Istri Najib Razak Kembali Diperiksa KPK Malaysia

Posted: 25 Sep 2018 10:23 PM PDT

Rosmah Mansor, istri mantan PM Malaysia Najib Razak, turun dari mobil setibanya di kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC), Rabu (26/9). Rosmah yang didampingi pengacaranya tidak memberikan pernyataan apapun kepada wartawan. (AP/Vincent Thian)

Rosmah Mansor, istri mantan PM Malaysia Najib Razak, turun dari mobil setibanya di kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC), Rabu (26/9). Rosmah yang didampingi pengacaranya tidak memberikan pernyataan apapun kepada wartawan. (AP/Vincent Thian)

Rosmah Mansor, istri mantan PM Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Ini merupakan kedua kalinya Rosmah ditanyai oleh MACC, setelah panggilan pertamanya pada Juni lalu. (AP/Vincent Thian)

Rosmah Mansor, istri mantan PM Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Ini merupakan kedua kalinya Rosmah ditanyai oleh MACC, setelah panggilan pertamanya pada Juni lalu. (AP/Vincent Thian)

Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Rosmah diperiksa terkait penyelidikan skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). (AFP)

Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Rosmah diperiksa terkait penyelidikan skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB). (AFP)

Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Rosmah yang didampingi pengacaranya tidak memberikan pernyataan apapun kepada wartawan. (AFP)

Rosmah Mansor, istri mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Rosmah yang didampingi pengacaranya tidak memberikan pernyataan apapun kepada wartawan. (AFP)

Rosmah Mansor, istri mantan PM Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Ini merupakan kedua kalinya Rosmah ditanyai oleh MACC, setelah panggilan pertamanya pada Juni lalu. (AP/Vincent Thian)

Rosmah Mansor, istri mantan PM Malaysia Najib Razak, mendatangi kantor Komisi Antikorupsi Malaysia (MACC) di Putrajaya, Rabu (26/9). Ini merupakan kedua kalinya Rosmah ditanyai oleh MACC, setelah panggilan pertamanya pada Juni lalu. (AP/Vincent Thian)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lawan Real Madrid, Bek Atletico Madrid Cedera

Posted: 25 Sep 2018 10:21 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Pertandingan kontra Huesca meninggalkan cerita positif dan negatif bagi Atletico Madrid. Cerita positifnya, Atletico meraih tiga poin, sedangkan negatifnya, ada pemain yang mengalami cedera di laga itu.

Atletico Madrid bermain melawan Huesca pada pekan keenam La Liga, Rabu (26/9) dini hari WIB di Wanda Metropolitano. Atletico menang dengan skor 3-0 lewat gol yang masing-masing dicetak oleh Antoine Griezmann, Thomas Partey dan Koke.

Bagi Los Colchoneros, kemenangan atas tim promosi La Liga tersebut menjadi raihan ketiga mereka secara beruntun. Atletico pun kini menempati posisi ketiga klasemen sementara La Liga. Atletico meraih 11 poin dari enam laga.

Hanya saja, laga tersebut menyisakan satu cerita pelik bagi Atletico Madrid. Sebab, pemain belakang Jose Gimenez harus terkapar karena mengalami cedera. Padahal, akhir pekan nanti Atletico bakal berjumpa Real Madrid.

Jose Gimenez mengalami cedera saat laga masuk menit ke-39. Pemain asal Uruguay tersebut mengeluhkan masalah di ototnya. Dia kemudian ditarik dan digantikan oleh Lucas Hernandez, yang dipaksa bermain di posisi bek tengah.

Perkiraan Positif

Bek Atletico Madrid, Jose Maria Gimenez, mengalami cedera. (AFP/Jose Jordan)

"Kami akan melihatnya pada hari Rabu, tapi kami memiliki perkiraan yang positif dan saya yakin dia akan baik-baik saja untuk laga derby," kata pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

Minggu (30/9) dini hari WIB, Atletico akan menjalani laga penting di pekan ketujuh La Liga. Diego Costa dan kolega bakal menjalani laga tandang melawan Real Madrid, seteru sekotanya, pada laga yang bertajuk derby Madrid.

 

Banyak Berkembang

Kemenangan atas Huesca disebut oleh Simeone menjadi bukti jika permainan Atletico kini mulai berada di trek yang besar. Para pemain mulai kompak setelah sempat berada dalam performa yang labil di awal musim 2018/19.

"Kami berkembang, kami lebih intens dalam menekan. Kami sudah meningkat saat lawan Eibar, begitu juga ketika jumpa AS Monaco di mana kami lebih baik. Kami makin baik saat melawan Getafe. Ini yang terbaik dan kami harap seperti ini saat derby," kata Simeone.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pak Ngah Meninggal, Rekan-rekannya di Dangdut Academy Asia Berduka

Posted: 25 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komposer berbakat asal Malaysia, Suhaimi Mohd Zain alias Ngah Suhaimi atau lebih akrab disapa Pak Ngah, telah pergi untuk selama-lamanya. 

Dilansir dari Harian Metro, pria kelahiran 26 September 1958 itu meninggal dunia akibat serangan jantung. Pak Ngah wafat pada Selasa (25/9/2018) sekitar pukul 3 dini hari di Tanjung Pinang, Batam.

Duka atas wafatnya Pak Ngah pun tidak hanya dirasakan oleh keluarga, tapi juga rekan-rekan di Dangdut Academy (DA) Asia. Seperti diketahui, Pak Ngah sempat mewakili Malaysia untuk menjadi juri DA Asia.

Sejumlah pedangdut Tanah Air pun terlihat menuliskan ucapan duka mereka atas kepergian Pak Ngah melalui akun media sosial pribadi mereka.

Rekan-Rekan Dangdut Academy Asia

Soimah (Adrian Putra/bintang.com)

Mulai dari Nassar, Soimah, hingga Inul Daratista ikut berduka. "Selamat jalan Pak Ngah@pakngahsuhaimi," tulis Inul.

"Innalillahi wainnalillahi rojiuun,selamat jalan pak ngah," kata Soimah.

"Innallilahi wa innaliilahi rojiun turut berduka cita atas berpulang nya ke rahmattullah pak ngah suhaimi musisi ternama malaysia,,, semoga Amal ibadah nya diterima di sisi Allah swt Aminnnnn ya rabb ya Allahhhh,,,," tulis Nassar.

Lesti, salah satu alumni DA Asia, juga mengungkapkan dukacitanya. 

"Innalillahi wainnalillahi rojiun Selamat jalan musisi hebat guru hebat @pakngahsuhaimi semoga amal ibadah nya di terima di sisi Allah swt amin," tulis Lesti.

 

Komposer Hebat

Komposer Malaysia, Ngah Suhaimi [foto: instagram/lestykejora]

Nama Ngah Suhaimi mungkin masih terasa asing di telinga masyarakat Indonesia masa kini. Padahal, sejumlah karya Pak Ngah sudah beredar sejak puluhan tahun lalu.

Ia juga menjadi salah satu sosok di balik kesuksesan Siti Nurhaliza. Siapa yang tak tahu dengan lagu "Cindai" yang dinyanyikan Siti pada 1997 silam? Ya, lagu tersebut merupakan karya Pak Ngah Suhaimi.

Pak Ngah juga diketahui membidani grup vokal Trio Bidadari asal Jambi yang terdiri dari tiga wanita cantik bernama Wulan, Putri dan Pipin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto Lolos ke Babak Kedua Korea Open

Posted: 25 Sep 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Seoul - Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto lolos ke babak kedua Korea Open 2018 yang berlangsung di SK Handball Stadium, Seoul, Rabu (26/9/2018).

Peraih medali emas Asian Games 2018, Jonatan Christie, tak terbendung di babak pertama Korea Open 2018. Dia mengalahkan tunggal Jepang, Kanta Tsuneyama.

Jonatan hanya membutuhkan waktu 36 menit untuk mengalahkan Kenta. Jonatan menang 21-18 dan 21-16.

Di babak kedua, Jonatan akan menghadapi andalan Hong Kong, Hu Yun, yang berhasil mengalahkan wakil Tiongkok, Huang Yuxiang, dengan skor 21-15 dan 21-19.

Sementara di pertandingan tunggal putra Korea Open lain, unggulan kedelapan, Tommy Sugiarto, mengalahkan tunggal putra tuan rumah, Lee Hyun Il. Dia menang 21-9 dan 21-16 dengan waktu 31 menit.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kini Ada 12 SKPD DKI yang Dipimpin Plt

Posted: 25 Sep 2018 10:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI, Gembong Warsono menyayangkan semakin banyak jumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt). Menurut dia, kondisi ini akan mempersulit peningkatan kinerja dan penyerapan anggaran DKI.

"Bahaya ini kalau Plt semakin banyak. Namanya Plt kan, tidak maksimal kerjanya. Namanya Plt, setengah hati kerjanya," kata Gembong saat dihubungi di Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Dia mengatakan pejabat Plt tidak akan berani melakukan terobosan lantaran bukan pejabat definitif yang punya waktu banyak.

"Hati-hati lo, contoh yang Plt baru, Dishub. Kan bagaimana bisa segera mengimplementasikan OK Otrip. Butuh terobosan dan itu butuh waktu, Plt kan cuma sementara," ucap Gembong soal kekhawatirannya tentang kondisi SKPD DKI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Gara-Gara Pelantikan

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melantik 11 pejabat eselon II pada Senin, 24 September 2018. Adanya pelantikan itu menambah SKPD yang dipimpin seorang pelaksana tugas (Plt).

Saat pelantikan kemarin, ada 11 SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang dipimpin Plt. Yakni, Badan Perencanaan Pembangunan (Bapeda), Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Pelayanan Pengadaan Barang Jasa (BPPBJ), Kepala Dinas Komunikasi, serta Informatika dan Statistik Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Selanjutnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kepala Dinas Bina Marga, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman. Dengan adanya pelantikan, maka ada 12 SKPD yang dipimpin Plt.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Klopp Belum Jadikan Fabinho Starter di Liverpool

Posted: 25 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Jurgen Klopp membeberkan alasan mengapa belum juga menjadikan Fabinho sebagai starter di Liverpool. Padahal, gelandang asal Brasil ini menjadi salah satu pembelian mahal Liverpool di bursa transfer musim ini.

Klopp mengatakan, tak ada alasan khusus soal ini. Dia mengatakan, Fabinho memang butuh waktu untuk beradaptasi di Liverpool.

Bahkan, dia menyebut butuh enam bulan bagi Fabinho bisa benar-benar nyetel dengan permainan Liverpool. Klopp ingin Fabinho benar-benar siap di gaya permainan gegenpressing yang dipakainya di Liverpool.

Kesempatan Fabinho jadi starter bakal datang saat dia dimainkan melawan Chelsea di Piala Liga Inggris dini hari nanti di Anfield. Klopp tak lupa meminta agar fans sabar melihat yang terbaik dari Fabinho.

Musim ini, Fabinho belum banyak tampil. Dia bahkan tak diturunkan dalam tiga laga terakhir Liverpool musim ini.

Alasan Klopp

5. Jurgen Klopp - Pelatih Liverpool. (AFP/Paul Ellis)

Klopp menegaskan tak ada penyebab khusus yang membuat Fabinho belum bisa mengisi posisi utama di lini tengah. Dia ingin Fabinho bisa mulus menjalani adaptasinya.

"Sebenarnya ini tidak terlalu sulit. Ini karena segalanya berlangsung cepat dan intens. Segalanya harus berlangsung alami," kata Klopp seperti dikutip Mirror.

"Untuk membuktikan sesuatu, Anda butuh setengah tahun untuk membuat langkah berikutnya. Kami tak akan mengganti pemain-pemain ini. Mereka butuh waktu karena terbiasa main di klub lain."

Belum Klop

Ada kekhawatiran Fabinho belum klop dengan ritme permainan cepat di Liga Inggris. Ini membuat Klopp mengacuhkan Fabinho untuk lini tengah.

Keraguan bisa ditepis lewat permainan Fabinho di Liga Champions lawan PSG. Dia main di menit ke-89 sebagai pengganti dan turut membantu gol dramatis Roberto Firmino.

"Semuanya ini terkait penguasaan bola. Ini soal lebar lapangan dan bagaimana menutupnya saat bertahan dan memanfaatkannya saat menyerang. Liverpool punya gaya main spesifik," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Genjot Pariwisata, Menpar Targetkan 20 Juta Turis Asing pada 2019

Posted: 25 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menargetkan sebanyak 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019.

Itu dikemukakan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III 2018 di Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018).

Untuk mendukung target 20 juta wisman, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 10 destinasi pariwisata prioritas sebagai Bali baru. Hal ini diputuskan untuk menggenjot investasi pada sektor pariwisata RI.

"Di 2019 - 2024, dibutuhkan investasi sektor pariwisata 120.000 hotel rooms, 15.000 restoran, 100 taman rekreasi, 100 operator diving, 100 marina, dan 100 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan melibatkan dunia usaha, program pembangunan 100.000 homestay yang meliputi usaha kecil menengah (UKM) pariwisata," ujar dia di Hotel Raffles.

"Jadi besarnya kebutuhan investasi dan pembiayaan di sektor pariwisata ini kita coba petakan dan bahas dalam Rakornas Pariwisata III/2018," tambah dia.

Arief melanjutkan, hingga  2019, sektor pariwisata membutuhkan investasi dan pembiayaan sebesar Rp 500 triliun. Hal ini dikontribusikan melalui tiga isu penting dalam hal pembiayaan di sektor pariwisata.

"Tiga kebutuhan pembiayaan kita yaitu kebutuhan pembiayaan untuk  membangun 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP), kebutuhan pembiayaan usaha homestay 2018-2019 serta kebutuhan pembiayaan Usaha UMK Pariwisata (KUR Khusus Pariwisata)," ujar dia.

Diikuti 600 peserta dari berbagai sektor, pada Rakornas ini juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Pariwisata dengan Menteri Keuangan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Lembaga Pembiayaan Pemerintah.

"Rakornas dapat dijadikan pembiayaan alternatif bagi pelaku usaha melalui lembaga pemerintah seperti LPEI, PT SMI, PT SMF, PT PII, PINA, dan LPDB maupun pembiayaan swasta seperti industri keuangan bank, industri keuangan non bank, dan pasar modal," kata Arief.

 

Industri Pariwisata RI Kian Meningkat Pesat

The Best Ministry of Tourism, pariwisata jadi sektor idola Indonesia.

Sebelumnya, industri pariwisata semakin menjadi idola di Indonesia. Hal ini terlihat dari performanya yang semakin meningkat setiap tahun. Grafiknya sangat kontras bila dibandingkan komoditas lain, seperti minyak, gas, batu bara, dan kelapa sawit yang terus merosot.

Selain itu, pariwisata juga dianggap punya keunggulan karena mayoritas kegiatannya berada di sektor jasa. Pariwisata juga merupakan komoditas yang paling berkelanjutan dan menyentuh hingga ke level paling bawah masyarakat.

"Sektor pariwisata Indonesia yang sangat menjanjikan. Sektor ini menjadi core businessIndonesia. Pariwisata menjadi penyumbang PDB, devisa, serta lapangan kerja paling besar dan mudah dan cepat," ujar Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Haryadi Sukamdani, Sabtu 22 September 2018.

Pada 2016, devisa pariwisata mencapai 13,5 miliar dollar AS per tahun. Padahal, pada 2015 pariwisata masih ada di peringkat keempat sebagai sektor penyumbang devisa terbesar.

Pada 2017, sumbangan devisa dari sektor pariwisata melesat menjadi sekitar 16,8 miliar dollar AS. Angka ini diprediksi akan meningkat 20 persen menjadi sekitar 20 miliar dollar AS pada 2018.

"Sektor pariwisata Indonesia sendiri diproyeksikan mampu menyumbang produk domestik bruto sebesar 15 persen di tahun 2019. Yang artinya menghasilkan sekitar Rp 280 triliun bagi devisa negara. Serta dapat menyerap 13 juta tenaga kerja pada 2019. Lebih jauh, sektor pariwisata diyakini mampu menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang lebih tersebar di seluruh negeri ini," ucap Haryadi.

Melesatnya sektor pariwisata tidak terlepas dari peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman). Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), kunjungan wisman ke Indonesia terus naik.

Pada 2017, wisman yang berkunjung sebanyak 14,04 juta orang. Angka ini naik 21,88 persen dari 2016 yang berada dikisaran 11,52 juta wisman.

"Ini juga berkat kerja keras semua pihak yang mampu mendongkrak indeks daya saing Pariwisata Indonesia. Dari peringkat 70 dunia di tahun 2013, meroket ke posisi 42 besar di 2017," kata Haryadi.

Dengan paparan tersebut, ia mengaku Kementerian Pariwisata sangat layak mendapat penghargaan Kementerian Pariwisata Terbaik 2018 di ajang TTG Travel Award.

Sementara itu, Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengatakan bahwa peningkatan industri pariwisata tersebut dipengaruhi oleh peran dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Alasan utama, ada CEO Commitment. Ini yang ditunjukkan presiden selama memimpin kabinet kerja. Action-nya ada. Rekam jejaknya pun tercatat. Dalam memimpin kabinet kerja, Presiden tak ragu menetapkan pariwisata sebagai leading sector dan sekaligus core ekonomi bangsa," ujarnya.

Presiden Jokowi juga menetapkan 10 destinasi prioritas atau yang sering dipopulerkan dengan istilah 10 Bali Baru. Sebarannya pun merata di seluruh Indonesia. Ada Danau Toba Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Bangka Belitung, Tanjung Lesung Banten, Kepulauan Seribu DKI Jakarta, Borobudur di Joglosemar, Bromo-Tengger-Semeru Jawa Timur, Mandalika di Lombok, Komodo Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Wakatobi Sulawesi Tenggara, dan Morotai Maltara.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga kerap hadir di banyak destinasi wisata. Melihat secara langsung kendala di lapangan. Destinasi Raja Ampat, Morotai, Labuan Bajo, Larantuka, Mandalika, Borobudur, Tanjung Lesung, dan Danau Toba adalah beberapa destinasi yang pernah dikunjunginya.

Dukungan bersar besar pun diberikan kepada destinasi yang mengalami bencana. Sebut saja Bali yang langsung bangkit ketika dikunjungi Presiden Jokowi setelah erupsi Gunung Agung atau pariwisata Lombok yang langsung bangkit setelah mendapat kunjungan dari beliau.

Bagi Arief, dukungan nyata Presiden tersebut yang membuat pariwisata semakin maju.

"Itu menunjukkan komitmen yang tinggi dari Presiden Jokowi terhadap dunia Pariwisata. Tugas seorang CEO itu menentukan arah dan mengalokasikan Sumber Daya. Baik manusia (orang terhebat), maupun budgeting (anggaran). Karena itu, di pariwisita ditempatkan orang-orang terhebat dan di-support dengan anggaran, yang meskipun masih terbatas, tapi sedikit naik," ucapnya.

 

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dibungkam Tim Divisi Dua, MU Tersingkir dari Piala Liga Inggris

Posted: 25 Sep 2018 10:05 PM PDT

Pemain Manchester United (MU), Marouane Fellaini menyundul bola ke gawang Derby County saat laga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). MU kalah dari Derby County lewat adu penalti. (Martin Rickett/PA via AP)

Pemain Manchester United (MU), Marouane Fellaini menyundul bola ke gawang Derby County saat laga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). MU kalah dari Derby County lewat adu penalti. (Martin Rickett/PA via AP)

Pemain Manchester United (MU), Romelu Lukaku (dua kanan) menendang bola ke gawang Derby County saat laga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). MU kalah dari tim divisi dua tersebut. (Martin Rickett/PA via AP)

Pemain Manchester United (MU), Romelu Lukaku (dua kanan) menendang bola ke gawang Derby County saat laga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). MU kalah dari tim divisi dua tersebut. (Martin Rickett/PA via AP)

Kiper Manchester United, Lee Grant menepis tembakan bola dari pemain Derby County, Florian Jozefzoon saat laga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). MU kalah dari Derby County lewat adu penalti. (Martin Rickett/PA via AP)

Kiper Manchester United, Lee Grant menepis tembakan bola dari pemain Derby County, Florian Jozefzoon saat laga Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). MU kalah dari Derby County lewat adu penalti. (Martin Rickett/PA via AP)

Manajer Derby County Frank Lampard (kanan) dan Manajer Manchester United Jose Mourinho (kiri) memberi dukungan kepada timnya saat bertanding di Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). (Martin Rickett/PA via AP)

Manajer Derby County Frank Lampard (kanan) dan Manajer Manchester United Jose Mourinho (kiri) memberi dukungan kepada timnya saat bertanding di Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). (Martin Rickett/PA via AP)

Penjaga gawang Derby County, Scott Carson (kiri) bersama rekan setimnya merayakan kemenangan usai menyingkirkan Manchester United di Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). (Martin Rickett/PA via AP)

Penjaga gawang Derby County, Scott Carson (kiri) bersama rekan setimnya merayakan kemenangan usai menyingkirkan Manchester United di Piala Liga Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Selasa (25/9). (Martin Rickett/PA via AP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Jemawa soal Kiprah AS, Delegasi Dunia di Sidang Majelis Umum PBB Tertawa

Posted: 25 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, New York - Presiden Amerika Serikat Donald Trump datang terlambat ke podium untuk berpidato di Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa 25 September 2018 pagi waktu setempat. Dan dalam waktu singkat, porsi pidatonya membuat ratusan pemimpin dan delegasi dunia yang hadir tertawa.

Sebelum respons mengejutkan itu terjadi, Trump berpidato dan bersikap jemawa atas "keberhasilan kebijakan pemerintahan AS saat ini".

Dalam salah satu momen yang lebih luar biasa dalam sejarah Sidang Majelis Umum PBB tahunan, seisi ruangan pecah dalam tawa spontan atas klaim Trump yang mengatakan, "dalam waktu kurang dari dua tahun, pemerintahan saya telah mencapai lebih dari yang dilakukan oleh hampir semua pemerintahan dalam sejarah negara kita (AS)," demikian seperti dikutip dari The Guardian (26/9/2018).

Jelas terkejut atas respons para delegasi dunia, Trump kemudian mengatakan, "Saya tidak mengharapkan reaksi itu, tapi itu tidak apa-apa."

Di samping mengklaim kesuksesan pemerintahan AS saat ini--yang disambut tawa oleh para delegasi--ia juga mendesak dunia untuk menolak globalisme dan merangkul patriotisme, merefleksikan kembali ego dan kebijakan "America First"-nya.

"Amerika diatur oleh orang Amerika," kata Trump. "Kami menolak ideologi globalisme dan kami merangkul doktrin patriotisme."

Tentang penekanannya pada kedaulatan, pidato 34 menit Trump juga menggemakan kembali pandangannya soal proteksionisme, seperti yang telah ia tekankan pada pidato perdananya di Sidang Majelis Umum PBB tahun lalu.

Sekarang, Korea Utara Jadi 'Sekutu' Trump

Namun, kontras dengan apa yang ia sampaikan dalam pidato tahun lalu, pada Sidang Majelis Umum PBB 2018, Trump memasukkan diktator Korea Utara, Kim Jong-un, menjadi salah satu "sekutunya". Padahal, pada edisi sidang 2017, ia pernah mengancam untuk "menghancurkan" Korea Utara.

Setahun berlalu, kini Trump berterima kasih kepada pemimpin negara itu atas "keberaniannya, dan untuk langkah-langkah yang telah diambilnya"--mereferensi pada KTT di Singapura pada Juni 2018 dan mencairnya hubungan diplomatik Korea Utara dan Korea Selatan sepanjang tahun ini.

Trump menggambarkan pertemuannya dengan Kim di Singapura sebagai terobosan dramatis, dengan mengatakan, "rudal dan roket tidak lagi terbang ke segala arah," uji coba nuklir telah dihentikan, tahanan AS telah dibebaskan dan sisa-sisa tentara AS yang gugur telah dikembalikan.

Donald Trump juga mengatakan, KTT di Singapura mewakili "momen yang sebenarnya jauh lebih besar daripada yang orang pahami".

Bertolak belakang dengan pendapat Donald Trump, pakar dan organisasi internasional pemerhati isu nuklir tak yakin bahwa Korea Utara berkomitmen menuju denuklirisasi, mengingat, betapa semu janji yang diutarakan oleh Kim Jong-un, baik kepada Washington maupun kepada Seoul sekali pun.

Pyongyang pun telah menegaskan bahwa mereka tak akan melakukan denuklirisasi, hanya jika, hal itu tak disambt dengan "inisiatif positif" dari AS--yakni berupa peringanan hingga pencabutan penuh sanksi ekonomi.

 

Simak video pilihan berikut:

Iran, Rusia, Suriah, dan Jerman dalam Pidato Trump

Donald Trump menolak menanggapi pertanyaan wartawan tentang kemungkinan intervensi militer dari pimpinan AS ke Venezuela. (Richard Drew / AP)

Sasaran utama retorika keras Trump dalam pidato Sidang Umum PBB 2018-nya adalah Iran, yang ia tuduh memberikan pengaruh negatif atas konflik di Suriah.

Trump mengatakan, "Setiap solusi untuk krisis kemanusiaan di Suriah juga harus mencakup strategi untuk mengatasi rezim brutal yang telah memicunya: kediktatoran yang korup di Iran," demikian seperti dikutip dari The Guardian.

Ia juga menambahkan, "Para pemimpin Iran menebar kekacauan, kematian dan kehancuran. Mereka tidak menghormati tetangga atau perbatasan mereka atau hak negara yang berdaulat."

Dia juga menuduh para pemimpin Iran menggelapkan "miliaran dolar untuk mengisi kantong mereka sendiri."

Tak tampak batang hidung Presiden Hassan Rouhani maupun para delegasi diplomat Iran dalam pidato Trump, meski mereka telah hadir dalam agenda sela di pertemuan diplomatik ter-akbar itu pekan ini.

Namun anehnya, Trump tidak menyinggung soal Rusia yang turut menjadi aktor utama di Suriah, dengan memberikan dukungan militer kepada pasukan pro rezim Presiden Bashar al-Assad, dan membantu Assad bertahan dan menang dalam perang saudara menahun.

Luputnya Trump dalam menyinggung Rusia kembali menimbulkan tanda tanya soal bagaimana ia menyikapi Negeri Beruang Merah, yang saat ini tengah dituduh atas dugaan campur tangan dalam Pilpres AS 2016 --yang berujung pada kemenangan Trump sebagai presiden.

Rusia dan pemimpinnya, Vladimir Putin, terlihat mencolok dengan ketidakhadiran mereka dalam Sidang Majelis Umum PBB tahun ini.

Berbanding terbalik dengan sikap Trump yang 'membiarkan' Rusia luput dalam pidatonya, Jerman, salah satu sekutu AS di Eropa dan NATO, justru kena kritik dari sang miliarder nyentrik.

Jerman 'dimarahi' oleh Trump karena membeli minyak dan gas Rusia. Trump, yang kampanyenya sedang diselidiki atas kemungkinan kolusi dengan Kremlin selama pemilu 2016, juga tidak membahas perbedaan mendalam antara AS dan Rusia atas isu Ukraina dan aneksasi Krimea.

Soal Arab Saudi, Negara OPEC dan Israel

Presiden AS Donald Trump ketika menyampaikan pidato perdananya di Sidang Majelis Umum PBB pada 19 September 2017 (AP Photo/Evan Vucci)

Tak luput, Trump juga membahas soal Arab Saudi, yang ia anggap sebagai sekutu kunci dan secara khusus menumpuk pujian kepada penguasa otokratisnya, Raja Salman dan putra mahkotanya, Mohammed Bin Salman.

Negara-negara Teluk otokratis lainnya juga mendapat pujian dari Trump, "Uni Emirat Arab, Arab Saudi, dan Qatar telah menjanjikan miliaran dolar untuk membantu rakyat Suriah dan Yaman," demikian seperti dikutip dari CNN.

Meski tiga negara produsen minyak utama dunia itu mendapat pujian dari Trump, namun, sang presiden AS justru mengkritik OPEC (organisasi produsen minyak dunia) di mana UEA, Saudi, dan Qatar merupakan anggota signifikan organisasi itu.

Tentang OPEC, Trump mengatakan bahwa organisasi itu "merobek-robek dunia".

"Saya tidak menyukainya. Tidak ada yang harus menyukainya. Kami (AS) membela banyak dari negara-negara ini, tapi mereka tidak memberikan apa-apa. Dan kemudian mereka memanfaatkan kami dengan memberi kami harga minyak yang tinggi. Tidak baik."

Tak ketinggalan, Trump juga memuji Israel.

"Israel, dengan bangga merayakan ulang tahun ke 70 sebagai negara demokrasi di Tanah Suci."

Hal itu mereferensi pada keputusannya mengumumkan Yerusalem sebagai ibu kota Israel tahun lalu, sementara tidak menyebutkan pemangkasan anggaran Badan PBB untuk Urusan Pengungsi Palestina (UNRWA). Itu menunjukkan implikasi yang jelas: Jika Palestina kehilangan dana, mereka bukan teman yang menghormati AS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP Thailand 2018, Balapan Perdana di Buriram

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Buriram - Balapan MotoGP 2018 akan kembali digelar di Asia. Thailand yang mendapat kehormatan untuk menyambut kembalinya balapan di Asia setelah sebelumnya di Qatar pada awal musim. Dan ini juga akan jadi momen bersejarah karena Thailand baru pertama kali menggelar MotoGP.

MotoGP Thailand yang dihelat pada Minggu (7/10/2018) akan menarik perhatian. Itu karena para pembalap belum mengetahui betul karakteristik dari Sirkuit Buriram yang baru pertama kali menggelar balapan sekaliber MotoGP.

Sebelumnya, para pembalap MotoGP sempat menjalani tes pramusim di lintasan yang baru diresmikan pada Oktober 2014 itu. Dalam tes yang berlangsung pada 16-18 Februari 2018 itu, pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa tampil sebagai yang tercepat.

Ia sukses mencatatakan waktu 1 menit 29,781 detik, unggul 0,086 detik atas pembalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Namun, hal itu juga tak bisa dijadikan sebagai tolak ukur. Apalagi, saat ini penampilan Pedrosa juga tak cukup konsisten.

Pembalap yang akan berpeluang untuk merebut podium juara tentu adalah Marc Marquez, rekan setimnya. Lalu, ada juga duo Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso, yang sudah membuktikan konsistensinya nyaris di semua lintasan.

 

Jadwal MotoGP Thailand

Jumat, 5 Oktober 2018

09.55-10.40 WIB: FP1

14.05-14.50 WIB: FP2

Sabtu, 6 Oktober 2018

09.55-10.40 WIB: FP3

13.30-14.00 WIB: FP4

14.10-14.25 WIB: Q1

14.35-14.50 WIB: Q2

Minggu, 7 Oktober 2018

09.40 WIB: Pemanasan

14.00 WIB: Balapan

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dampak Buruk Mengganti Oli Mesin Tanpa Ganti Filter

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Filter oli merupakan komponen mobil yang tidak bisa dianggap sepele. Fungsinya menyaring kotoran yang akan masuk bagian mesin kendaraan.

Saat mengganti oli rutin jangan lupa turut melakukan penggantian filter oli. Filter oli bisa membuat mesin lebih awet karena mencegah kotoran yang masuk ke dalam mesin.

Filter oli sendiri wajib hukumnya diganti, bukan hanya dibersihkan. Menyemprotkan angin dan membersihkan filter oli dengan kain lap bukan solusi terbaik untuk filter oli. Penggunaan filter oli yang berkali-kali dan tidak pernah diganti akan merugikan pengendara itu sendiri. Hal ini karena filter oli yang tidak pernah diganti akan terus menampung kotoran dan oli bekas.

"Tidak hanya oli kotor, tapi juga menyebabkan fungsi dari filter oli menjadi semakin tidak optimal. Daya saring dari filter yang tadinya 10, sekarang karena tidak diganti nilainya bisa 4 hingga 5," beber Technical Service PT Denso Sales Indonesia, Joko Pratikno.

Lalu kapan waktu yang pas untuk mengganti filter oli? Terdapat asumsi bahwa filter oli diganti setiap 10.000 km, atau setiap 2 kali mengganti oli mesin. Hal ini benar dan baik.

 

Selanjutnya

Tapi, menurut Joko, sebaiknya melakukan penggantian filter oli bersamaan pada saat mengganti oli mesin. Hal ini dikarenakan, jika pada saat mengganti oli mesin, tapi tidak mengganti filter oli, maka oli sisa yang mengendap di filter oli tidak terbuang.

Joko mengatakan, ada sekitar 1/4 atau 1/5 oli yang mengendap di filter oli. Akibatnya, oli mesin baru akan bercampur dengan oli mesin lama yang mengendap di filter oli.

Setelah itu, oli mesin lama dan baru akan bercampur dan masuk ke mesin kendaraan. Oli yang sudah tidak dalam kondisi baik, akan mengurangi performa oli di mesin kendaraan. Akhirnya, fungsi oli sebagai pelindung, pembersih, dan sebagai pendingin mesin tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Namun tidak sedikit pemilik kendaraan yang tertipu membeli filter oli palsu. Jika demikian maka filter oli palsu tidak akan optimal digunakan di kendaraan.

 

Selanjutnya

Umumnya, penggunaan produk imitasi atau palsu tidak akan memberikan dampak positif bagi penggunanya. Dalam konteks filter oli, penggunaan filter oli palsu akan merugikan bagi pengendara. Salah satunya adalah daya serap kotoran pada filter oli palsu tidak sebaik dengan filter oli asli.

Contohnya, pada filter oli palsu terdapat diameter lubang protector yang kecil dan jarak antar lubang lebih rapat. Hal ini menyebabkan daya serap filter menjadi renggang dan lebar. Akibatnya, memungkinkan kotoran dari luar tidak tersaring dengan optimal.

"Beda halnya dengan filter oli yang asli. Filter oli asli memiliki diameter lubang protector yang kecil dan memiliki jarak antar lubang yang tidak rapat. Dengan diameter kecil, memungkinkan filter oli dapat menyaring kotoran dari luar lebih efektif dibanding yang palsu sehingga meminimalisir kotornya ruang bakar," pungkas Joko Pratikno.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersama PMI, Samsung Bangun 500 Hunian Sementara bagi Korban Gempa Lombok

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak hanya mendirikan Posko Samsung Peduli di dua dusun di Lombok Utara, yaitu dusun Lekok dan dusun Menggala, PT Samsung Electronic Indonesia juga menyerahkan donasi Rp 1,5 miliar melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk korban gempa Lombok. Nantinya, keseluruhan dana itu akan digunakan untuk membangun 500 hunian sementara bagi 500 kepala keluarga.

Selain itu, bantuan tersebut juga akan digunakan untuk konstruksi dan rehabilitasi sistem perpipaan, tampungan air gempa, penyediaan jamban sehat, layanan kesehatan PMI seperti klinik keliling dan home based care, satu unit ambulan untuk PMI kabupaten Lombok Timur, serta persediaan air bersih sebanyak 200 ribu liter di dusun Lekok dan Menggala.

Presiden Samsung Electronic Indonesia menyampaikan rasa prihatinnya terhadap apa yang menimpa warga Lombok. Dengan bantuan yang diberikan, ia berharap dapat memberikan manfaat bagi 20 ribu masyarakat yang terkena dampak gempa.

"Mari buat mereka tersenyum kembali. Mari bersama-sama membangun Lombok," ujar dia saat ditemui di press confrence Pemberian Bantuan pada PMI di Jakarta, Selasa (25/09).

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Doc: Liputan6.com/SulungLahitani

Bantuan yang diberikan oleh PT Samsung Electronic Indonesia diterima dengan senang hati oleh pihak PMI. Menurut Sekretaris Jenderal PMI, dr Ritola Tasmaya, MPH, ini merupakan kesekian kalinya PT Samsung Indonesia bekerja sama dengan PMI. Untuk kali ini, dengan bantuan yang diberikan Samsung, PMI akan membangun hunian sementara sambil menunggu rumah pada korban gempa dibangun kembali oleh pemerintah.

"Kita telah bekerja di sana cukup keras. Hampir 500 relawan yang bekerja di sana dari hari pertama terjadinya gempa Lombok. Terima kasih yang tak terhingga pada PT Samsung Indonesia untuk saudara-saudara kita yang ada di Lombok. Mudah-mudahan ini dapat meringankan beban mereka," kata Ritola.

Sementara itu, Posko Samsung Peduli selama satu minggu beroperasi telah melayani pencucian baju untuk 771 orang dan mencuci rata-rata 1.770 pakaian setiap harinya. Dapur Umum yang didirikan Samsung juga menghasilkan lebih dari 9 ribu bungkus makanan dan tim servis yang berada di Lombok telah memberikan perbaikan gratis untuk 23 unit alat elektronik yang rusak akibat bencana gempa.

"Meski biayanya besar, tapi karena melihat betapa posko-posko itu amat dibutuhkan dan bermanfaat bagi warga, kami memutuskan untuk menambah waktunya menjadi 4 minggu dari awalnya cuma 2 minggu. Jadi Posko Samsung Peduli akan berdiri di dusun Lekok dan Menggala selama 4 minggu," pungkas Vice President PT Samsung Electronic Indonesia, KangHyun Lee.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Tega Cekik Istri hingga Tewas karena Cemburu Buta

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Karawang Amun bin Ipong (42) tega mencekik Suhaeni (45), istri yang dinikahinya dua tahun lalu. Warga Karangpawitan, Karawang Barat, itu langsung diringkus petugas Kepolisian Resor Kawarang saat rekonstruksi di lokasi terjadinya pembunuhan.

Dalam pemeriksaan polisi, Amun mengaku menghabisi nyawa istrinya di rumah kontrakan mereka di Kampung Rawabagi RT 02/16, Kelurahan Palumbonsari, Karawang.

Pelaku menyebut telah mencekik leher Eni kurang lebih selama 20 menit hingga tewas.

"Motif pelaku menghilangkan nyawa istrinya karena ada orang ketiga berisinial WIL yang menjadi selingkuhannya," tutur Kapolres Karawang, AKBP Slamet Waloya, Rabu (26/9/2018).

Motif pembunuhan juga diperkuat berdasarkan keterangan saksi, termasuk pemilik kontrakan. Meski menyebut istrinya meninggal karena sakit, pemilik rumah yang ditempati pasangan itu kerap mendengar pertengkaran dengan dilatarbelakangi perselingkuhan pelaku dengan wanita lain.

"Warga curiga akan kematian korban, lalu melaporkan kejanggalan tersebut ke pihak kepolisian," kata Slamet Waloya.

Setelah dilakukan olah TKP di kamar kontrakan, kata Kapolres, penyidik menemukan kejanggalan atas kematian korban Suhaeni karena selain ada luka lebam dan juga hasil visum menunjukkan korban meninggal bukan karena sakit, tapi dibunuh dengan cara dicekik.

"Awalnya polisi mencurigai sikap suami korban. Setelah itu kita interograsi, kita lakukan penyelidikan dan terungkaplah penyebab kematian korban. Pelaku tak lain suami korban sehingga kurang dari 24 jam pelaku sudah kita tangkap," ungkapnya.

Pelaku dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan berencana/dan atau pasal 351 ayat (3) KUHP dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

"Pelaku akhirnya mengakui perbuatannya telah mencekik istrinya sendiri, dan diancam hukuman 15 tahun penjara," pungkas Slamet Waloya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek di Sini! BPPT Buka 225 Lowongan CPNS 2018

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) turut membuka lowongan Calon Pegawai Aparatur Sipil Negara (CPNS 2018). Pendaftaran CPNS 2018 BPPT dibuka mulai 26 September-10 Oktober 2018.

Kali ini, BPPT akan menerima CPNS dengan membuka 225 formasi CPNS 2018. BPPT membuka CPNS 2018 di berbagai lokasi, yaitu Jakarta-Serpong, Yogyakarta, Surabaya, Lampung, Bali.

Penerimaan CPNS 2018 BPPT berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 79 Tahun 2018 tanggal 29 Agustus 2018 tentang Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tahun Anggaran 2018.

Dikutip dari laman BPPT, Rabu (26/9/2018), berikut ini jabatan, persyaratan pendaftaran, lokasi dan jadwal seleksi, serta tata cara pendaftaran CPNS 2018 BPPT:

Jabatan

Buat kamu yang masih berharap bisa masuk CPNS, pemerintah akan buka pendaftaran CPNS 2018 lho. (Liputan6.com)

1. Jabatan Fungsional Perekayasa

- Perekayasa Ahli Pertama

2. Jabatan Fungsional Lainnya

- Analis Anggaran Ahli Pertama

- Analis Fasilitasi Peningkatan Kompetensi

- Analis Kepegawaian Ahli Pertama

- Analis Kepegawaian Terampil

- Analis Perencanaan Evaluasi dan Pelaporan

- Arsiparis Ahli Pertama

- Arsiparis Terampil

- Auditor Ahli Pertama

- Dokter Ahli Pertama

- Dokter Gigi Ahli Pertama

- Pengelola Pengadaan Barang dan Jasa Ahli Pertama

- Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Pertama

- Perawat Gigi Terampil

- Perawat Terampil

- Perencana Ahli Pertama

- Pranata Humas Ahli Pertama

- Pustakawan Ahli Pertama

- Teknisi Litkayasa Pemula

- Teknisi Litkayasa Terampil

- Widyaiswara Ahli Pertama

Untuk informasi lengkapnya, seperti kualifikasi pendidikan dan jumlah alokasi formasi yang dibutuhkan dapat dicek di sini 

Persyaratan Pendaftaran

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

2. Pelamar Formasi Umum dan Formasi Khusus Usia minimal 18 Tahun tidak pernah dipidana dengan pidana penjara selama 2 tahun atau lebih berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;

3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/PNS, anggota TNI/POLRI, pegawai BUMN/BUMD atau pegawai swasta;

4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah;

5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;

6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan;

7. Berbadan Sehat (jasmani dan rohani) serta tidak buta warna;

8. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir);

9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia;

10. Bagi Wanita tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat dan bagi Pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat;

 

 

Selanjutnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham mengecek no pendaftaran di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

11. a. Pelamar Jabatan Fungsional Perekayasa Ahli Pertama

i. Pelamar merupakan lulusan Program Pasca Sarjana (S-2) dan ProgramSarjana (S-1), dari Perguruan Tinggi yang masuk dalam kriteria Klasterisasi Perguruan Tinggi Indonesia Non-Vokasi Tahun 2018 dengan skore 3 ke atas yang dikeluarkan oleh Kementerian Riset, Teknologi,dan Pendidikan Tinggi dengan IPK minimal 2,60 yaitu:

1) Institut Teknologi Bandung

2) Univesitas Gadjah Mada

3) Institut Pertanian Bogor

4) Universitas Indonesia

5) Universitas Diponegoro

6) Institut Teknologi Sepuluh November

7) Universitas Airlangga

ii. Pelamar merupakan lulusan Program Pasca Sarjana (S-2) dan ProgramSarjana (S-1) dari Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi terakreditasi A selain 7 perguruan tinggi pada point i dengan IPKminimal 2,75.

iii. Pelamar merupakan lulusan Program Pasca Sarjana (S-2) dan Program Sarjana (S-1) dari Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang terakreditasi selain Perguruan tinggi pada point i dan ii dengan IPKminimal 3,00.

b. Pelamar Jabatan Fungsional Penunjang selain Perekayasa Ahli Pertamamerupakan lulusan Program Pasca Sarjana (S-2), Program Sarjana (S-1),dan Diploma III (D-III) dari Perguruan Tinggi dan/atau Program Studi yang terakreditasi dengan IPK minimal 2,60.

12. Pelamar merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan/atau Kementerian Agama, dengan nilai rata-rata ujian akhir nasional 7;

13. Bagi pelamar dengan ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus yang diakui dan telah melalui penyetaraan ijazah oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

14. Usia pelamar pada saat pendaftaran di SSCN:

a. SMK, maksimal 22 tahun

b. Diploma III (D-III), maksimal 25 tahun

c. Sarjana (S1), maksimal 30 tahun

d. Pasca Sarjana (S2) dan Profesi Dokter, maksimal 34 tahun

15. Bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri yang tidak memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diwajibkan menyertakan copy transkrip nilai dalam bahasa Inggris dan/atau copy Tesis (untuk S2) dalam bahasa Inggris yang meliputi title page, abstract, conclusion.

 

Selanjutnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

16. Bagi pelamar jabatan Dokter Umum dan Dokter Gigi:

a. Usia maksimal 34 tahun pada saat pendaftaran di SSCN;

b. Pendidikan Sarjana (S-1) dan Profesi Dokter;

c. Memiliki Surat Tanda Registrasi Dokter (yang berlaku);

d. Diutamakan berpengalaman lebih dari 5 tahun, dibuktikan dengan Asli/Legalisasi Surat Keputusan Pengangkatan dan Pemberitahuan atau Surat Pernyataan masih bekerja dari pimpinan instansi/perusahaan;

e. Dokter Umum diutamakan telah mengikuti pelatihan:

i. Kompetensi Dasar Layanan Primer

ii. Cardiocerebrovasculer Disease, EKG, Emergency Electro Cardiography

iii. Dengue Haemorrhagie Fever

iv. Arthritis

v. Diabetes Melitus

vi. Kanker Wanita

vii. Psychiatric

f. Dokter Gigi diutamakan telah mengikuti pelatihan:

i. Endodontik

ii. Konservasi

iii. Bedah Mulut

17. Bagi pelamar jabatan Perawat dan Perawat Gigi:

a. Usia maksimal 30 tahun pada saat pendaftaran di SSCN;

b. Pendidikan Diploma III (D-III);

c. Memiliki Surat Tanda Registrasi Perawat (yang berlaku);

d. Diutamakan berpengalaman lebih dari 3 tahun, dibuktikan dengan Asli/Legalisasi Surat Keputusan Pengangkatan dan Pemberitahuan atau Surat Pernyataan masih bekerja dari pimpinan instansi/perusahaan.

18. Pelamar mengisi formulir pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh unit kerja di lingkungan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

19. Pelamar mengisi formulir pernyataan tidak berafiliasi pada partai politik

Lokasi dan Jadwal Seleksi

Peserta mengantre untuk pendaftaran ulang ujian CPNS Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di kawasan Gambir,  Jakarta, Minggu (8/10). Pendaftaran ujian CPNS ini untuk menempati berbagai formasi di KKP. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Lokasi pelaksanaan tahapan seleksi penerimaan CPNS diselenggarakan di BKN Pusat, Jl. Mayjen Sutoyo No.12, Cililitan, Kramatjati, Kota Jakarta Timur 13640 dan di Gedung II BPPT, Jl. MH Thamrin No. 8 Jakarta Pusat 10340.

Jadwal seluruh tahapan seleksi adalah sebagai berikut (sesuai dengan ketentuan yang berlaku):

1. Pengumuman Penerimaan : 19 September - 10 Oktober 2018

2. Pendaftaran Online (http://sscn.bkn.go.id) : 26 September - 10 Oktober 2018

3. Pengumuman Seleksi Administrasi : 17 Oktober 2018

4. Cetak nomor ujian secara online : 18 – 22 Oktober 2018

5. Seleksi Kompetensi Dasar : 23 Oktober - 5 November 2018

6. Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar (CAT) : 9 November 2018

7. Seleksi Kompetensi Bidang (CAT) dan seleksi psikologi : 14 - 20 November 2018

8. Seleksi Wawancara : 21 - 23 November 2018

9. Integrasi nilai SKD dan SKB : 26 - 29 November 2018

10. Pengumuman kelulusan akhir secara online : 30 November 2018

11. Pemberkasan bagi peserta yang dinyatakan lulus pada PengumumanKelulusan Akhir : 3 - 7 Desember 2018

Catatan: Apabila terdapat perubahan jadwal akan diberitahukan melalui pengumuman di http://www.bppt.go.id

Tata Cara Pendaftaran

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

1. Pengumuman dilaksanakan melalui website http://www.bppt.go.id danpendaftaran secara online melalui http://www.bppt.go.id

2. Pelamar harus melengkapi persyaratan:

a. Dokumen persyaratan terdiri dari:

1) Surat lamaran ditujukan Kepada Kepala Badan Pengkajian danPenerapan Teknologi di Jakarta, diketik menggunakan Komputer,bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (Formulir A Surat lamaran dapat diunduh dilaman: http://www.bppt.go.id).

2) Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli atau Surat keterangan telahmelakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

3) Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yangbersangkutan harus membuat surat keterangan dari Lurah/KepalaDesa yang menyatakan yang bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.

4) Foto Kopy Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah yang telah dilegalisir oleh:

a) Universitas/Institut, legalisir oleh Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik.

b) Sekolah Tinggi, legalisir oleh Ketua/Pembantu Ketua Bidang Akademik.

c) Akademi/Politeknik, legalisir oleh Direktur/Pembantu Direktur Bidang Akademik.

d) Sekolah/Akademi/PT Kedinasan, legalisir oleh Kepala Sekolah/Ketua/Direktur Akademi atau Perguruan Tinggi yang bersangkutan/Kapusdiklat/Kabid yang berkompeten.

e) Bagi lulusan Luar Negeri, legalisir penyetaraan ijasah dariKementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

f) Surat Keterangan Lulus sebagai pengganti ijasah tidak berlaku.

 

Selanjutnya

Ratusan peserta mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di kawasan Gambir, Jakarta, Minggu (8/10). Pendaftaran ujian CPNS ini untuk menempati berbagai formasi di KKP. (Liputan6.com/Johan Tallo)

5) Surat Pernyataan harus diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (Formulir B surat pernyataan dapat diunduh di laman: http://www.bppt.go.id).

6) Pas photo terbaru berwarna ukuran 3x4 berlatar belakang warna merah.

7) Daftar Riwayat Hidup dilengkapi data pelamar meliputi Alamat, Kota, Kode Pos, no telp/HP, email dan data kursus/pelatihan/pengalaman kerja lainnya (Formulir C Daftar Riwayat Hidup dapat diunduh di laman: http://www.bppt.go.id).

8) Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku

9) Abstrak tesis/skripsi

b. Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan secara onlinemelalui laman: http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK)

c. Batas waktu pendaftaran Online dan unggah dokumen persyaratanpelamaran dimulai pada tanggal 26 September – 10 Oktober 2018 (ditutup pukul 23.59 WIB)

d. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak kartu peserta ujian secara onlie melalui laman http://sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 18 - 22 Oktober 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mencicip Bisnis Sang Pisang ala Kaesang

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Keseriusan Kaesang Pangarep menggeluti usaha kuliner Sang Pisang tidak main-main. Putra Bungsu Presiden Jokowi itu kini melebarkan usaha Sang Pisang miliknya di Cirebon.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ayu Ting Ting Sempat Minta Tanggung Jawab Pria Ini Saat Hamil

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa lalu yang buruk tak membuat Ayu Ting Ting merasa malu. Setidaknya hal itu terlihat ketika pedangdut lagu "Alamat Palsu" ini menjadikan masa lalunya sebagai bahan candaan di salah satu acara.

Pada tayangan video yang beredar di media sosial, Ayu Ting Ting mengatakan bahwa dirinya sempat meminta tanggung jawab Ivan Gunawan ketika hamil. Kala itu Ayu tengah menjalani proses perceraian dengan Henry Baskoro Hendarso alias Enji.

"Dulu ceritanya waktu gue hamil, gue sempat minta tanggung jawabnya sama dia (Igun) tahu. Tapi lagi masalah waktu itu, tinggal ketok palu," kata Ayu Ting Ting dalam video yang diunggah akun @bukanfans, akhir pekan lalu.

Tempat Curhat

Ivan Gunawan (Instagram/ivan_gunawan)

Pernyataan Ayu Ting Ting itu membuat penonton dan pengisi acara tertawa. Mendengar ucapan Ayu, Ivan Gunawan yang juga memandu acara itu mengatakan bahwa rekannya itu memang kerap mencurahkan isi hatinya. Bagi Ivan, Ayu adalah sahabat dekatnya.

Menghilang

(Adrian Putra/Bintang.com)

Dalam tayangan itu pula Ivan Gunawan menyebut Ayu Ting Ting selalu menghilang setelah menyampaikan curahan hatinya.

"Iya dia sempat tanya, 'Gimana nih A'. Tapi gini, waktu ada masalah dia curhat, kelar masalah hilang dapat laki lagi India. Ilang, ilang, ilang," sindir Ivan Gunawan kesal. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bahaya Terlalu Sering Makan Saus Sambal

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Amerika Serikat Saus sambal memang jadi teman makan paling enak. Tanpa saus sambal, makan gorengan pun terasa tak lengkap.

Bahan saus sambal yang terbuat dari cabai, gula, garam, zat aditif, dan pengawet bertujuan rasa saus sambal tetap terjaga. Satu porsi sajian dengan satu sendok teh mengandung 80 miligram natrium dan 1 gram gula.

"Sangat penting untuk mempertimbangkan, seberapa tidak realistis ukuran porsi satu sendok teh sebenarnya. Sebagian besar dari kita mungkin menuang sekitar dua sendok makan saus sambal saat kita meletakkannya pada makanan. Artinya, 400 mg natrium tambahan akan masuk ke tubuh Anda," jelas ahli diet Tracy Lockwood dari New York City, Amerika Serikat.

Kadar natrium tinggi dari bahan saus sambal juga dapat menyebabkan retensi cairan (kelebihan cairan dalam tubuh), ketidakseimbangan elektrolit, dan kembung, dilansir dari Refinery29, Rabu (26/9/2018).

Ketika mengkonsumsi natrium, hal itu akan menarik air ke dalam aliran darah, yang meningkatkan tekanan darah, menurut American Heart Association.

 

Simak video menarik berikut ini:

Risiko serangan jantung dan stroke

Ada risiko serangan jantung dan stroke bila sering makan saus sambal. (iStockphoto)

Seiring waktu tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan penggunaan saus sambal bila mengkonsumsinya tiap hari.

Selain jumlah natrium, sodium, bawang putih, dan cabai, saus sambal bisa juga memicu mulas. Beberapa orang mungkin mengalami gangguan gastrointestinal, seperti mual, muntah, sakit perut, dan diare.

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan, cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Senyawa ini dapat meningkatkan metabolisme.

"Namun, kadar capsaicin pada saus sambal itu tidak aman dan berpotensi sangat berbahaya. Sistem pencernaan bisa terganggu," ujar Lockwood.

Tutupi rasa makanan

Saus sambal bisa menutupi rasa makanan. (iStockphoto)

Yang perlu diperhatikan ternyata tidak baik untuk menambahkan saus sambal ke makanan, terutama bila Anda meletakkannya di makanan sehat seperti biji-bijian, sayuran, dan telur.

"Ini akan menutupi rasa makanan sehat yang dikonsumsi. Jika Anda ingin menambahkan rasa ke makanan Anda, baiknya mempertimbangkan untuk menggunakan bumbu lain sebagai gantinya. Bumbu yang mungkin memiliki lebih sedikit natrium," Lockwood melanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Pasangan Tunangan Walau Baru Pacaran 2 Bulan, Kenapa?

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang memutuskan untuk meresmikan hubungan mereka bersama pasangan dengan tunangan, apa Anda juga merupakan salah satunya? Sedangkan jika dihitung, hubungan tersebut terjalin baru sebentar.

Seperti halnya Nick Jonas dan Priyanka Chopra yang memutuskan untuk tunangan setelah resmi berkencan selama dua bulan. Ada lagi Justin Bieber yang melamar Hailey Baldwin sesaat setelah mereka baru saja memulai hubungan cinta.

Dilansir dari bravotv.com, Rabu (26/9/2018), menurut penelitian yang dilakukan oleh Urban Institute pada 2014 menunjukkan tingkat pernikahan menurun hingga 70% untuk generasi milenial. Lantas, mengapa tampaknya banyak orang tergesa-gesa untuk tunangan?

 

Alasan banyak pasangan ingin cepat-cepat tunangan

Ilustrasi Cincin. (Matt Cowan/Getty Images/AFP)

Dr. Jane Greer menyatakan banyak orang bertunangan untuk mendapatkan rasa aman dan stabilitas dari status tersebut. Orang-orang menginginkan seseorang yang bisa mencintai dan merawat diri mereka dengan baik.

Selain itu, orang-orang ini juga biasanya pernah dikecewakan di masa lalu, sehingga di hubungan yang sedang terjalin saat ini, mereka terlalu bersemangat untuk bergerak maju bersama seseorang yang siap menjalin komitmen dan kesepakatan untuk menikah. Ada unsur spontanitas di dalamnya, karena mereka hanya berpikir untuk menyingkirkan rasa tidak aman.

Sayangnya untuk bersepakat menjalin hubungan yang lebih serius, Anda dan pasangan perlu memastikan beberapa kualitas terlebih dahulu. Cobalah untuk berkompromi, berkomunikasi, membicarakan anggaran, menyelesaikan masalah, menangani kemarahan, menghadapi kekecewaan, berhubungan satu sama lain, dan berempati.

Untuk menikah, pasangan membutuhkan beberapa kualitas

Ilustrasi Cincin. (AFP PHOTO / Martin BUREAU)

Hubungan yang berjalan dengan cepat bisa berhasil, namun benar-benar membutuhkan waktu dan upaya dari kedua belah pihak. Anda dan pasangan harus bergerak di luar ketertarikan instan, harus benar-benar sadar.

Fase bulan madu hanya berlangsung beberapa bulan hingga satu tahun, setelah itu, Anda dan pasangan harus menghadapi hubungan yang lebih serius. Apa Anda dan pasangan juga sudah tunangan?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Bikin Konten IGTV Lebih Kece dan Menarik? Lakukan 5 Cara Ini

Posted: 25 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Instagram TV alias IGTV, kini menjadi salah satu alternatif pengguna yang ingin menonton video dalam format vertikal. 

Sejak peluncurannya, IGTV berhasil memikat pengguna untuk berekspresi membuat konten video yang kreatif.

Bahkan, video berformat vertikal juga telah menjadi tren yang banyak diminati pengguna.

Namun seringkali, kreator konten mengalami kesulitan mentok di ide saat menciptakan konten video yang menarik.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna yang ingin membuat konten video IGTV menarik dan kece, ada beberapa langkah yang harus dilakukan.

Ikuti caranya berikut sebagaimana Tekno Liputan6.com kutip dari laman Wistia, Rabu (26/9/2018).

1. Rekam video dengan kamera bawaan smartphone

Tahap awal yang bisa dilakukan untuk membuat konten video IGTV yang menarik, adalah merekamnya dengan kamera bawaan smartphone. Cara ini lebih efektif untuk menghasilkan kualitas terbaik.

2. Gunakan tripod

Terkadang mengambil video dengan durasi panjang, membutuhkan usaha cukup keras. Kendati demikian, gunakan tripod untuk mencegah terjadinya goncangan pada saat merekam video.

3. Gunakan aplikasi voice memo sebagai mikrofon

Cara ini patut dicoba. Pasalnya, dengan memanfaatkan aplikasi perekam suara (voice memo), kualitas suara yang dihasilkan jauh lebih baik dan terkendali.

 

4. Pilih Airdrop melalui PC

IGTV launch, image: the verge

Khusus bagi kamu pengguna iOS, cara yang tepat untuk memindahkan video sekaligus dari smartphone ke PC dengan pilihan Airdrop. Lebih cepat dan tentunya mudah untuk dilakukan.

5. Gunakan aplikasi editor video

Tahap terakhir sebelum di-publish, kamu bisa menggunakan aplikasi editor video seperti Adobe Premiere untuk windows atau Final Cut Pro untuk Mac. Namun, khusus iMovie belum tersedia untuk mengedit video secara vertikal.

Sekilas IGTV

Nantinya unggahan dari IGTV akan tersinkronisasi ke IG. (Instagram)

Instagram baru saja memperkenalkan fitur terbarunya, Instagram TV atau IGTV. Lewat fitur ini, berbagi video di Instagram yang tadinya hanya maksimal sepanjang satu menit bisa lebih lama, yakni sampai 10 menit.

Tidak hanya akan hadir dalam sebuah fitur, IGTV juga hadir dalam aplikasi tersendiri bernama IGTV yang dapat diunduh di iOS maupun Android.

Mengutip laman The Verge, Kamis (21/6/2018), konten yang disajikan dalam IGTV berformat vertikal.

Begitu masuk ke aplikasi tersebut, pengguna bisa memilih dan menyaksikan video dari pembuat konten favorit mereka yang sudah tayang di IGTV.

CEO Instagram Kevin Systrom mengatakan, aplikasi IGTV dirancang untuk memudahkan pengguna menemukan dan menonton video lewat smartphone mereka.

"Sebagian besar aplikasi video mengharuskan pengguna mencari atau menelusuri direktori, tidak seperti televisi yang memungkinkan pengguna menyalakan dan menontonnya. Nah, di IGTV, pengguna hanya perlu memutar video begitu mereka membukanya," kata Systrom.

Systrom juga menyebut, hal ini memungkinkan bagi IGTV menjadi tempat baru di Instagram untuk memasang iklan.

Tidak hanya itu, IGTV juga memungkinkan pembuat konten untuk mengunggah video mereka langsung ke Instagram. Menurutnya, kehadiran IGTV adalah untuk menyaingi YouTube.

Perlu diketahui, meskipun saat ini durasi berbagi konten di IGTV maksimal 10 menit, bagi pengguna tertentu seperti selebgram dan public figure bisa mengunggah konten hingga berjam-jam lamanya.

Systrom berharap, nantinya semua pengguna bisa merasakan berbagi video dengan durasi tak terbatas.

Untuk sekarang, IGTV tidak akan memiliki iklan. Namun Systrom berkata kalau pengguna bisa memanfaatkan platform ini sebagai tempat yang pas untuk mempromosikan sesuatu.

(Vivi Hartini/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Wujudkan Gerakan Masyarakat Maju, Anies Luncurkan Pendataan Keluarga Online

Posted: 25 Sep 2018 09:55 PM PDT

Warga mengisi form pada Pendataan Keluarga Online saat peluncurannya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/9). Aplikasi pendataan online tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga mengisi form pada Pendataan Keluarga Online saat peluncurannya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/9). Aplikasi pendataan online tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga menggunakan ponsel pintar saat mengoperasikan aplikasi Pendataan Keluarga Online di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/9). Aplikasi pendataan online tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga menggunakan ponsel pintar saat mengoperasikan aplikasi Pendataan Keluarga Online di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/9). Aplikasi pendataan online tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Anies Baswedan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga mengisi form pada Pendataan Keluarga Online saat peluncurannya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/9). Aplikasi pendataan online tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Warga mengisi form pada Pendataan Keluarga Online saat peluncurannya di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (26/9). Aplikasi pendataan online tersebut diluncurkan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan sambutan usai peluncuran Pendataan Keluarga Online di Jakarta, Rabu (26/9). Peluncuran aplikasi tersebut untuk mewujudkan gerakan masyarakat maju-bahagiakan perempuan dan anak Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan sambutan usai peluncuran Pendataan Keluarga Online di Jakarta, Rabu (26/9). Peluncuran aplikasi tersebut untuk mewujudkan gerakan masyarakat maju-bahagiakan perempuan dan anak Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan sambutan usai peluncuran Pendataan Keluarga Online di Jakarta, Rabu (26/9). Peluncuran aplikasi tersebut untuk mewujudkan gerakan masyarakat maju-bahagiakan perempuan dan anak Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Gubernur DKI Anies Baswedan memberikan sambutan usai peluncuran Pendataan Keluarga Online di Jakarta, Rabu (26/9). Peluncuran aplikasi tersebut untuk mewujudkan gerakan masyarakat maju-bahagiakan perempuan dan anak Jakarta. (Merdeka.com/Imam Buhori)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelar Rapat Evaluasi Haji, Menag Lukman Sampaikan Apresiasi Presiden Jokowi

Posted: 25 Sep 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menggelar rapat evaluasi operasional haji 2018. Evaluasi digelar di Kantor Daerah Kerja (Daker) Makkah pada Senin, 24 September 2018.

Dalam kesempatan itu, Lukman mengapresiasi kinerja Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi pada musim haji 1439H/2018M.

Menurutnya, secara umum penyelenggaraan haji tahun ini berjalan dengan baik dan mendapat pujian dari Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

"Itu telah diakui publik juga oleh kalangan media massa. Bahkan Presiden Jokowi telah memberikan apresiasi atas suksesnya haji tahun ini," ujar Lukman, seperti dikutip dari www.kemenag.go.id, Rabu (26/9/2018).

Meski begitu, Lukman mengingatkan sejumlah inovasi yang harus dilakukan pada musim haji mendatang. Pada 2019 mendatang, kata dia, setidaknya ada delapan inovasi yang akan dilakukan dan empat di antaranya relatif baru.

"Pertama, fast track untuk proses imigrasi jemaah. Inovasi ini akan berimplikasi positif terhadap layanan jemaah karena tidak perlu antri lama setibanya di Arab Saudi. Sejak di Tanah Air, perlu dipersiapkan dengan cermat, akurat dan teliti dan perhitungan yang sangat matang," papar Lukman.

Lalu kedua, lanjut dia, adalah pemondokan atau hotel untuk jemaah haji akan disewa full musim. Menurutnya, pada 2018 ini, sejumlah hotel di Madinah sudah disewa full musim.

Lukman meminta, tahun depan seluruh pemondokan jemaah di Madinah sudah full musim. Hal itu, dinilainya akan memudahkan proses penempatan jemaah selama berada di Kota Nabi.

"Lalu, pemberian nomor pada tenda Arafah dan Mina. Ini dimaksudkan agar setiap kloter sudah mengetahui maktab dan tendanya. Dengan demikian, jemaah tidak perlu berebut tenda sesampainya di Arafah dan Mina," ucapnya.

"Kita yang harus mengatur, bukan muassasah. Pada saat yang sama, kita bisa mengontrol muassasah dalam menyediakan tenda," lanjut dia.

Dan yang keempat, sambung Lukman, adalah revitalisasi satuan tugas atau satgas. Ke depan, menurutnya, jumlah dan kulifikasi harus benar-benar dihitung agar sesuai kebutuhan lapangan.

"Catatan dalam evaluasi ini agar bisa dimatangkan sebagai bahan dalam melakukan evaluasi nasional," tandas Lukman.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Laporan dari Ketua PPIH

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan ada aroma politik jemaah haji di Tanah Suci. (www.kemenag.go.id)

Rapat ini diikuti oleh Ketua PPIH Arab Saudi, para Kepala Daerah Kerja (Kadaker), serta sejumlah Kepala Bidang layanan haji mulai dari transportasi, katering, akomodasi, dan perlindungan jemaah.

Tampak hadir juga, Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Muhajirin Yanis. Rapat diawali dengan laporan Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyathi Basori terkait progres pelaksanaan haji.

Dumyathi memaparkan, sampai 24 September 2018, total sudah 191.093 jemaah haji yang sudah kembali ke Tanah Air.

Menurutnya, mereka terbagi dalam 475 kloter, 257 kloter terbang dengan Garuda Indonesia dan 218 kloter terbang dengan Saudia Airlines.

"Total ada 358 jemaah wafat, 59 masih dirawat. Sampai hari ini, masih ada 36 kloter dengan 11.836 jemaah di Madinah," kata Dumyathi.

 

Layanan Tranportasi

Layanan bus salawat jemaah haji Indonesia segera berakhir. (Dream/Maulana Kautsar)

Terkait layanan transportasi, Dumyathi menjelaskan, PPIH telah mengoperasikan 370 bus sawalat selama gelaran haji. Adapun untuk layanan Makkah–Arafah sebanyak 1.470 bus, Arafah–Muzdalifah sebanyak 490 bus, Muzdalifah–Mina 350 bus, dan Mina–Makkah sebanyak 1.470 bus.

"Layanan transportasi lainnya adalah rute Madinah menuju Makkah untuk gelombang pertama dan Makkah menuju Madinah untuk gelombang kedua. Total lebih dari 4600 armada yang digunakan untuk layanan ini," terangnya.

Jumlah yang tidak kalah banyak, lanjut Dumyathi, adalah layanan transportasi Makkah ke Bandara Jeddah dan sebaliknya. Total lebih dari 4.700 armada yang digunakan. "Adapun untuk layanan Madinah–Bandara (PP) mencapai 4.500 armada," tutur dia.

Terkait katering, menurut Dumyathi, total ada 14.274.042 boks yang didistribusikan kepada jemaah selama di Makkah. Selain itu, kata dia, 3.606.202 boks yang dibagikan ke jemaah selama di Madinah.

"Total ada 2.869.027 boks katering yang diberikan kepada jemaah selama fase Armina. Adapun untuk layanan katering di bandara, total mencapai 205.495 boks," jelas Dumyathi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disoraki Mahasiswa Saat Kampanyekan Prabowo-Sandiaga, Ini Kata Zulkifli Hasan

Posted: 25 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat (PAN) Zulkifli Hasan kembali mempromosikan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara seminar bersama mahasiswa di Hotel Karlita, Purwokerto pada Selasa 25 September 2018. Namun, ucapan Zulkifli itu justru mendapat sorakan dari mahasiswa.

Menanggapi itu, pria yang akrab disapa Bang Zul ini enggan ambil pusing. Menurutnya sikap seperti itu adalah hal yang wajar dilakukan para mahasiswa.

"Mahasiswa memang begitu, ada yang bagus ada yang keras ada yang kritis, biasa mahasiswa memang begitu. Kalau semua ketawa senyum mendukung kan enggak mahasiswa namanya oleh karena itu mahasiswa harus diberikan kesempatan untuk menyampaikan ekspresinya," kata Zulkifli Hasan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Zul juga tidak menganggap apa yang ia lakukan sebagai politik praktis di lingkungan kampus. Sebab, kata dia, acara itu dilaksanakan di sebuah hotel.

"Memang tidak, kita kan di Hotel acaranya," ungkapnya.

 

Enggan Memperpanjang

Ketua MPR ini juga enggan mempermasalah lagi kejadian itu. Karena, lanjutnya, itu adalah hak setiap mahasiswa.

"Luar biasa mahasiswa kalau mahasiswa sedikit protes dimarahi gimana? Engga boleh dong memang lagi zamannya untuk ekspresi ada yang keras sekali gapapa ada yang demo dan ini gapapa," ucap Zulkifli.

Reporter: Sania Mashabi

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemensos Tambah 2.000 Tiket Nonton Gratis Asian Para Games 2018

Posted: 25 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Sosial (Kemensos) menambah 2.000 tiket gratis bagi penyandang disabilitas yang ingin menonton Asian Para Games 2018. Dengan tambahan ini, jumlah total tiket gratis menjadi 5.000 tiket.

"Kemensos akan berikan kuota sampa 5.000 di arena-arena Asian Para Games untuk 18 cabang olahraga," kata Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial, Rahmat Kusnadi seperti dikutip antara.

Selain itu, Kemensos juga sedang menyiapkan aplikasi penyediaan tiket gratis yang akan segera beroperasi mulai Kamis, 27 September 2018 besok.

Tiket gratis tersebut dikhususkan untuk organisasi penyandang disabilitas, panti, maupun perkumpulan-perkumpulan penyandang disabilitas.

Menurut Rahmat, pendistribusian tiket melalui organisasi atau panti-panti tersebut karena harus ada penanggung jawab. Ini untuk memastikan tiket sampai ke penyandang disabilitas.

Selain itu, Kemensos juga menyiapkan 2.000 tiket gratis untuk upacara pembukaan Asian Para Games khusus bagi penyandang disabilitas serta 200 pengguna kursi roda.

 

Enam Unit Mobil

Atlet balap sepeda Indonesia yang akan turun di ajang Asian Para Games 2018, Saipul Anwar. (Inapgoc)

Kemensos juga menyiapkan enam unit mobil akses bagi penyandang disabilitas untuk mengangkut atlet-atlet yang khusus menggunakan kursi roda.

Sebelumnya Kemensos menyediakan 3.000 tiket gratis untuk penyandang disabilitas menonton pertandingan Asian Para Games yang akan digelar 6-13 Oktober mendatang.

Asian Para Games mempertandingkan 17 cabang olahraga. Ada sekitar 16.000 atlet dan ofisial yang dikabarkan bakal bertanding di event untuk para disabilitas ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendagri Tjahjo Kumolo Hadiri Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung Terpilih

Posted: 25 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, menghadiri dan menyaksikan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Tulungagung terpilih, Syahri Mulyo dan Marwoto Birowo. Mereka dilantik oleh gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri, Selasa (25/9/2019).

Setelah menghadiri prosesi acara pelantikan tersebut, Tjahjo mengungkapkan apresiasinya dan ucapan terima kasih kepada KPK yang telah memberikan izin Bupati Tulungagung terpilih untuk mengikuti pelantikan.

"Kemendagri dan Pemda Provinsi Jawa Timur menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan KPK dengan penyidiknya juga yang hari ini telah memberikan izin peminjaman demi tugas Kemendagri dan tugas Gubernur Jawa Timur melaksanakan ketentuan undang-undang, di mana seseorang dalam hal ini Bupati Tulungagung terpilh yang sedang menjalani proses hukum, tetapi belum mempunyai kekuatan hukum tetap," ujarnya.

Tjahjo melanjutkan, dirinya harus menjalankan tugas dan fungsinya karena Syahri Mulyo tidak bisa tinggal di daerahnya. Karena itu, ditunjuk seorang pelaksana tugas (Plt) sampai yang bersangkutan berkekuatan hukum tetap. 

Ia menjelaskan, sebagaimana ketentuan Pasal 164 ayat 7 bahwa 'Dalam hal calon Bupati/Walikota dan/atau Wakil Bupati/Walikota terpilih ditetapkan menjadi terdakwa pada saat pelantikan, yang bersangkutan tetap dilantik menjadi Bupati/Walikota dan/atau Wakil Bupati/Wakil Walikota, kemudian saat itu juga diberhentikan sementara sebagai Bupati/Walikota dan/atau Wakil Bupati/Wakil Walikota'.

"KDH atau Wakil KDH yang mempunyai masalah hukum walaupun ditahan tetapi belum memiliki hukum tetap ya tetap dilantik," ucap Tjahjo.

Selanjutnya, ia mengeluarkan Surat Nomor: 132.33/7553/SJ yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Timur perihal Penugasan Wakil Bupati Tulungagung selaku Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung untuk melaksanakan tugas dan wewenang Bupati Tulungagung sesuai dengan ketentuan peraturan perundang–undangan. Selain itu, Tjahjo juga memberikan tugas tambahan kepada Gubernur Jawa Timur untuk melakukan monitoring terhadap kasus itu dan melaporkan perkembangannya kepada Mendagri.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maksimalkan Tol Laut, Menhub Ingin Pelni dan Semen Indonesia Sinergi

Posted: 25 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi meminta kepada PT Pelni (Persero) dan PT Semen Indonesia (Persero) untuk bersinergi dalam memaksimalkan tol laut. Sinergi ini dibangun untuk meningkatkan pasokan semen secara lebih merata di Indonesia timur.

Budi mengakui selama ini pelaksanaan tol laut memang belum optimal, terutama dalam distribusi semen ke wilayah Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Maka dari itu, dia menggaris bawahi sinergi akam data menjadi satu hal utama yang harus dan terus dilaksanakan.

"Jadi soal okupansi ini memang belum maksimal, jadi data Pelni dan Semen Indonesia disinkronkan saja jadi mana yang kosong langsung masuk," kata Menhun di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Saat ini, Pelni telah menjalankan beberapa kapal-kapal perintis yang menyisir berbagai kota di pulau Papua. Nantinya, semen-semen yang tiba di Indoensia timur bisa menggunakan kapal-kapal milik Pelni tersebut.

Bahkan, Menhub menjanjikan akan memberikan kapal-kapal baru untuk memaksimalkan tol laut tersebut. "Kita tahun ini sudah ada kapal baru, dan 2019 itu akan tambah lagi. Harapannya pelakanaan tol laut 2019 bisa lebih baik," tambahnya.

Tak hanya kapal-kapal baru, berbagai fasilitas seperti pelabuhan, ditegaskan Menhub akan dibangun dan diperbaiki.

Menhub sendiri memperkirakan kebutuhan akan semen di Indonesia akan terus meningkat. Terlebih di masa kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo, pembangunan infrastruktur menjadi program utama.

Dukung Tol Laut, Kemenhub Operasikan Empat Kapal Perintis dan Kapal Ternak

Petugas berjaga didekat KM Caraka Jaya Niaga III-4 yang digunakan sebagai kapal tol laut logistik Natuna di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (25/10). Tol Laut tersebut bertujuan menekan disparitas harga di Natuna. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut secara resmi mengoperasikan perdana kapal perintis dan kapal ternak baru secara serentak di Galangan Kapal PT Bandar Abadi, Batam, baru-baru ini. Tujannya untuk mendukung program tol laut yang menjadi Nawa Cita Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kapal baru yang dilepas untuk operasi tersebut berjumlah empat unit. Terdiri dari tiga unit kapal generasi baru di kelas kapal kontainer feeder dengan kapasitas 100 teus, yaitu KM Kendhaga Nusantara 1, KM Kendhaga Nusantara 7, dan KM Kendhaga Nusantara 9, serta satu unit kapal khusus ternak dengan kapasitas angkut 500 ekor yaitu KM Camara Nusantara 3.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Dwi Budi Sutrisno mengatakan, dengan dioperasikannya kapal-kapal pesanan Kemenhub secara resmi, maka selanjutnya kapal-kapal tersebut akan menuju pangkalannya masing-masing untuk mulai melayani publik.

"Kapal-kapal tersebut ditujukan untuk mendukung program tol laut, yang akan melayani pelayaran perintis dengan kewajiban pelayanan publik (PSO) angkutan barang di laut," jelas Dwi Budi pada 27 April 2018.

Dwi Budi menambahkan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus berupaya meningkatkan konektivitas nusantara. Salah satunya adalah dengan membangun kapal-kapal tol laut dan kapal-kapal ternak.

Dengan begitu, baik barang maupun hewan dapat lebih mudah terangkut dan terdistribusi secara luas hingga wilayah-wilayah terpencil dan terluar nusantara, mulai sari Sabang sampai dengan Talaud dapat terpenuhi kebutuhan logistiknya.

"Kami berharap semua kapal ini (kapal perintis dan kapal ternak) dapat dioperasikan sebaik mungkin dengan tentunya mengutamakan keselamatan pelayaran," pungkas Budi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aktor Senior Bill Cosby Dijatuhi Hukuman Penjara

Posted: 25 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Pennsylvania - Di masa jayanya dulu, aktor senior Bill Cosby dikenal dengan sebutan "American Dad", berkat peran yang ia mainkan di serial TV populer The Cosby Show. Namun kini di usianya yang ke-81, nasibnya berubah total.

Setelah dinyatakan bersalah atas tiga peristiwa kekerasan seksual dalam sidang yang digelar April lalu, kini Bill Cosby telah dijatuhi vonis penjara.

Dilansir dari People, Rabu (26/9/2018) lalu, dalam sidang yang digelar di Pengadilan Montgomery, Pennsylvania , Amerika Serikat, Bill Cosby dijatuhi hukuman tiga hingga sepuluh tahun penjara.

Selain vonis ini, ia juga diharuskan membayar denda sebesar US$ 25 ribu atau sekitar Rp 372 juta sebagai biaya perkara.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Sexual Violent Predator

Komedian Bill Cosby. (AP Photo/Corey Perrine)

Dalam vonis ini, disebutkan bahwa Bill Cosby akan menjalani hukuman minimal tiga tahun di penjara. Setelah itu ia akan menjalani evaluasi lanjutan mengenai hukuman dalam pengawasan. Namun tidak ada jaminan bahwa ia akan dibebaskan.

 Bill Cosby juga masuk dalam daftar "Sexual Violent Predator", dan ia diwajibkan untuk mengikuti konseling seumur hidupnya. 

Koban Bill Cosby

Andrea Constand. (AP Photo/Matt Rourke, Pool)

Salah satu korban Bill Cosby, Andrea Constand, menyatakan bahwa pada 2004 sang aktor memberinya obat yang membuatnya hilang kesadaran, dan melakukan kekerasan seksual padanya. Kala itu, ia berusia 31 tahun dan Bill Cosby 67 tahun.

Sejumlah wanita lain, salah satunya Patricia Steuer yang kini berusia 61 tahun, juga menyebutkan ia diberi obat dan diserang oleh Bill Cosby pada 1978 dan 1980. Selain mereka, ada sekitar 50 wanita lain yang menyebutkan tuduhan serupa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sehari Setelah Dilantik, Bupati Nonaktif Tulungagung Diperiksa KPK

Posted: 25 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Bupati nonaktif Tulungagung Syahri Mulyo. Dia akan diperiksa sebagai tersangka dugaan suap pembangunan peningkatan jalan pada Dinas PUPR Kabupaten Tulungagung.

"SM (Syahri Mulyo) akan diperiksa sebagai tersangka suap terkait proyek pekerjaan di Pemkab Tulungagung dan Blitar," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Rabu (26/9/2018).

Syahri Mulyo dilantik Gubernur Jawa Timur Soekarwo sebagai Bupati Tulungagung, Selasa (25 /9/2018). Beberapa menit usai dilantik, Syahri langsung dinonaktifkan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dari jabatannya lantaran tengah ditahan KPK. Sebagai gantinya, Wakil Bupati Maryoto Birowo ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Tulungagung.

Sebelumnya, KPK menetapkan Wali Kota nonaktif Blitar M Samanhudi Anwar (MSA) dan Bupati nonaktif Tulungagung Syahri Mulyo (SM) sebagai tersangka dugaan penerimaan hadiah atau janji.

Wali Kota Blitar ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan dua pihak swasta, yakni Bambang Purnomo (BP) dan Susilo Prabowo yang juga selaku kontraktor. Ketiganya ditetapkan sebagai tersangka suap terkait ijon proyek pembangunan gedung SMP di Blitar dengan nilai kontrak Rp 23 miliar.

Sementara itu, Bupati Tulungagung ditetapkan sebagai tersangka bersama Kepala Dinas PUPR Tulungagung, Sutrisno (SUT); dan dua pihak swasta, Agung Prayitno (AP) dan Susilo Prabowo (SP).

Suap Rp 1 Miliar

Keempatnya ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pembangunan peningkatan jalan pada Dinas PUPR kabupaten Tulungagung. Diduga pemberian dari Susilo kepada Bupati Tulungagung sebesar Rp 1 miliar.

Uang Rp 1 miliar itu merupakan pemberian ketiga. Sebelumnya,, Bupati Tulungagung sudah menerima Rp 500 juta, dan Rp 1 miliar. Total peneriman uang kepada Bupati Tulungangung Rp 2,5 miliar.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berebut Ayam Potong Gratis, Warga Solo Saling Sikut hingga Pingsan

Posted: 25 Sep 2018 09:34 PM PDT

Surakarta - Pembagian ayam gratis yang digelar Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Pedagang eks Karesidenan Surakarta di Pasar Jongke, Rabu (26/9/2018) berlangsung ricuh. Banyaknya warga yang mengantre untuk mendapatkan seekor ayam potong gratis membuat situasi tidak terkendali. Warga terus berdatangan dan memadati lokasi pembagian ayam.

Informasi yang diperoleh Jawapos.comakibat membludaknya pengantre, aksi saling desak pun tidak terhindarkan. Sejumlah anggota kepolisian yang disiagakan di lokasi terus menyampaikan imbauan agar tidak saling berdesakan. Pasalnya, jumlah ayam yang dibagikan sudah hampir habis. Namun, imbauan dari kepolisian tidak diabaikan warga. Mereka terus berdesakan semakin mendekat ke lokasi pembagian.

Kondisi ini membuat sejumlah pengantre pingsan. Mereka kemudian dievakuasi untuk mendapatkan penanganan medis. Warga yang pingsan kebanyakan adalah perempuan. Mereka kelelahan setelah cukup lama berdesakan dengan warga lainnya demi bisa mendapatkan ayam gratis. Sementara sejumlah balita yang diajak orang tuanya juga banyak yang terpisah.

Salah seorang warga yang mendapatkan ayam, Joko Suling (56) mengatakan, dirinya datang sekitar pukul 07.00 WIB. Dia mendapatkan informasi dari pesan WhatsApp.

"Tadi berangkat pagi biar bisa mendapatkan ayam," kata Joko.

Sementara itu, Ketua Pinsar Parjuni mengaku membludaknya warga yang ingin mendapatkan ayam gratis di luar prediksinya. Karena banyaknya warga yang datang, pihaknya pun menambah jumlah ayam menjadi 1.500 ekor dari sebelumnya hanya 1.000 ekor.

"Sebenarnya sudah melakukan survei, tetapi memang persiapan kurang. Karena persiapan ini dilakukan dalam waktu yang singkat," ungkap Parjuni.

Baca juga artikel Jawapos.com lainnya di sini.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

RI Dorong Kerja Sama Internasional soal Penguatan Kemampuan Mediasi Negara OKI

Posted: 25 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, New York - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa peningkatan kerja sama antara OKI dengan organisasi internasional dan regional lainnya merupakan kunci dalam mengembangkan kemampuan mediasi negara OKI.

Pernyataan itu ia sampaikan pada pertemuan Organization of Islamic Cooperation (OIC) Contact Group (CG) Friends of Mediation di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-73 di New York.

Pengembangan kemampuan bagi negara OKI menjadi sangat penting di masa sekarang, dengan dinamika politik dan keamanan di kawasan, demikian disebutkan dalam keterangan pers Kemlu RI yang diterima oleh Liputan6.com pada Rabu (26/9/2019).

Dalam pertemuan, Menlu Retno menegaskan bahwa Indonesia siap untuk bekerja sama dengan OKI untuk menciptakan ekosistem perdamaian dan stabilitas global melalui pengembangan culture of prevention yang memerlukan pembiasaan dalam membangun dialog.

"Mencegah lebih baik dari mengobati, prevention is better than the cure," tegas Menlu.

Menlu Retno sampaikan bahwa dalam pembentukan grup ini perlu bersifat komplementer dengan inisiatif Indonesia terkait Contact Group on Peace and Conflict Resolution yang dinisiasi oleh Indonesia.

Contact grup ini juga perlu untuk saling melengkapi dengan mekanisme PBB Group of Friends of Mediation (FoM) yang telah aktif memberikan sejumlah masukan mengenai peace building dan peace sustaining yang terkait dengan mediasi. Dalam kelompok tersebut, Indonesia telah aktif berpartisipasi sejak awal pendiriannya di tahun 2010.

Mediasi merupakan salah satu sarana untuk mengimplementasikan resolusi konflik. Upaya peningkatan kemampuan mediasi bagi negara OKI sejalan dengan inisiatif Indonesia yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo di sela-sela Peringatan Konferensi Asia Afrika ke-60 tahun 2015 mengenai pembentuan OIC Contact Group on Peace and Conflict Resolution yang telah disahkan di KTT ke-13 OKI di Istanbul, Turki, tahun 2016.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Angkat Isu Palestina di Sela Sidang Majelis Umum PBB

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat berpidato di Dewan Keamanan PBB, New York, Amerika Serikat (28/3) (sumber: Kementerian Luar Negeri RI)

Selain itu, Menlu Retno Marsudi pada 25 September 2018 juga melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah negara dan organisasi internasional di sela-sela rangkaian pertemuan Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-73 di New York, AS.

Menlu Retno bertemu Menlu Arab Saudi, Adel AL Jubeir; Menlu Yunani, Nikos Kotzias; Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Kepulauan Solomon, Milner Tozaka; Menlu Sudan, Al-Dirdeeri Mohammed Ahmed; Menlu Kolombia, Holmes Trujillo Garcia; dan Sekjen Liga Arab Ahmed Aboul-Gheit.

Dalam setiap pertemuan bilateral, Menlu RI terus membawa agenda Palestina untuk dibahas bersama mitra kerjanya.

"Saat ini, dunia harus memberikan perhatian lebih terhadap masa depan, kepada two state solution untuk Palestina," ujar Retno Marsudi, seperti dikutip dari pernyataan resmi Kemlu RI yang diterima Liputan6.com.

Selain itu, Retno Marsudi juga secara khusus membahas isu Palestina dengan Menlu Arab Saudi dan Sekjen Liga Arab untuk kembali bertukar pikiran mengenai upaya bersama bagi rakyat Palestina.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Roy Kiyoshi Ungkap Alasan Minta Dipanggil Dedek

Posted: 25 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, Roy Kiyoshi meminta agar dipanggil "dedek". Sebelumnya, banyak warganet yang lebih akrab memanggilnya Koko.

Pria yang mengaku indigo itu mengungkap alasannya ingin dipanggil "dedek" oleh para fans. Menurut Roy Kiyoshi, panggilan itu membuatnya terkesan lebih dekat dengan para penggemar.

"Kalau dedek tuh kesannya jadi kayak kita lebih dekat, lebih nyaman, enggak ada batas antara kita dan kamu, Roy Kiyoshi" kata dia saat konferensi pers Indonesian Television Award 2018, di Hardrock Cafe, Jakarta Selatan, Selasa 25 September 2018.

Roy Kiyoshi merasa kurang cocok dengan panggilan "koko" yang dipakai selama ini. Menurut dia, panggilan tersebut seperti memanggil orang keturunan Tionghoa.

"Kalau koko tuh kesannya kayak koko-koko Glodok, tahu enggak sih," tutur pria 31 tahun ini.

Panggilan Dedek

[Foto: Instagram Roy]

Selama ini Roy Kiyoshi lebih karib dipanggil koko. Namun rupanya, host acara Karma itu ingin para penggemarnya memanggil dengan sebutan "dedek".

Seterusnya

Roy Kiyoshi [foto: instagram/roykiyoshi]

Keinginan Roy Kiyoshi ini terlihat dalam video yang diunggah ke Instagram oleh akun @lambenyinyir. Pada video itu, Roy terlihat tengah ngobrol bersama wanita berkerudung. Dalam percakapan itu, Roy menyampaikan permintaannya kepada para penggemar.

"Aku boleh request enggak buat temen-temen semua? Mulai hari ini dan seterusnya panggil aku Dedek," kata Roy dalam video itu dikutip pada Jumat 7 September 2018. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-16, Laga Vital Lawan India

Posted: 25 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Selangkah lagi Timnas Indonesia U-16 akan menyegel tiket perempat final Piala AFC U-16 2018. Syaratnya tak terlalu sulit. Untuk memastikan lolos, mereka hanya tidak boleh kalah saat berjumpa India.

Saat ini Timnas Indonesia U-16 dalam posisi yang bagus di Grup C Piala AFC U-16 2018. Satu kemenangan dan satu hasil imbang membawa tim besutan Fakhri Husaini itu bertengger di puncak klasemen Grup C dengan raihan empat poin.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sukses menghajar Iran 2-0 dan bermain 1-1 melawan Vietnam. Otomatis, jika mampu menahan India pada laga pamungkas Grup C di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018), Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan bakal keluar sebagai juara grup.

Namun, India juga bukan tim yang bisa diremehkan Timnas Indonesia U-16. Mereka mengoleksi empat poin setelah menang 1-0 atas Vietnam dan menahan Iran tanpa gol. Artinya, India memiliki pertahanan yang solid hingga tim seperti Vietnam dan Iran pun kewalahan.

Di sisi lain, Timnas Indonesia berpeluang menorehkan sejarah jika mampu lolos dari fase grup. Pasalnya, terakhir kali Indonesia lolos dari fase grup Piala AFC U-16 adalah edisi 1990.

 

Jadwal Siaran Langsung

Kamis, 27 September

19.45 WIB, India vs Indonesia

Stadion Nasional Bukti Jalil

Live MNCTV

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

[Tanya BPJS Kesehatan] Layanan KB Ditanggung atau Tidak?

Posted: 25 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan:

Apa saja yang bisa didapatkan peserta JKN-KIS menyangkut KB?

 

Jawaban:

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016, pelayanan KB yang dijamin BPJS Kesehatan meliputi konseling, pelayanan kontrasepsi termasuk vasektomi dan tubektomi, bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Ketentuan mengenai pemenuhan kebutuhan alat dan obat kontrasepsi bagi peserta JKN-KIS di fasilitas kesehatan diatur dengan peraturan Kepala BKKBN. Vaksin untuk imunisasi rutin serta alat dan obat kontrasepsi disediakan oleh Pemerintah Daerah sesuai dengan ketentuan undang-undang.

 

Salam,

 

Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat

 

 

Program Tanya BPJS Kesehatan tayang setiap Rabu pukul 11.30 berisi pertanyaan yang paling sering dilontarkan masyarakat lewat aneka media BPJS Kesehatan. Jawaban dari pertanyaan diberikan oleh Humas BPJS Kesehatan Kantor Pusat.

 

Ilustrasi alat KB IUD atau spiral (iStockphoto)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: