Sabtu, 15 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Manfaat Daun Sirih Merah dan Sirih Hijau Untuk Kesehatan, Kecantikan, dan Penyakit Akut

Posted: 15 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Daun sirih adalah salah satu daun herbal yang memiliki banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan kita umat manusia. Khasiat dari daun yang paling terkenal dengan khasiat pembersih kewanitaannya ini pun punya banyak varian yang terkandung manfaat masing-masing di dalamnya.

Tanaman yang tumbuh menyulur dan memiliki daun lebar ini kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Daun sirih dikenal akan sifat anti-septik, anti-inflamasi, dan pendingin kulit. Khasiatnya tak terbatas di permukaan tubuh. Jika dimakan atau diminum air rebusannya, manfaat daun sirih juga akan terasa untuk organ-organ tubuh.

Berikut ini kami tampilkan aneka manfaat daun sirih merah maupun hijau untuk kesehatan tubuh, wajah, dan kulit, seperti dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (15/9/2018) dari berbagai sumber.

Manfaat daun sirih merah

Daun sirih merah sebenarnya memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan sirih hijau. Hanya saja sirih merah masih diperkaya dengan flavonoid.

Dilansir DrHealthBenefits.com, berikut ini beberapa manfaat daun sirih merah bagi kesehatan.

1. Menghentikan mimisan

Kandungan fenil poppies dan terpene pada sirih merah akan membantu menghentikan pendarahan hidung. Cukup gulung selembar sirih, kemudian masukkan ke lubang hidung yang mimisan.

2. Pengobatan tukak lambung

Daun sirih merah dan kandungan vitamin C serta zat anti-septiknya mampu melawan kuman yang menyebabkan tukak lambung. Kunyah 1-2 lembar daun sirih merah, kulum selama 10 menit, kemudian dibuang. Lakukan minimal 2 kali sehari.

3. Pengobatan luka bakar ringan

Alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada sirih merah akan membantu meredakan peradangan di area kulit yang terbakar. Hancurkan 3-5 daun sirih merah, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di kulit yang terbakar 2 kali sehari.

4. Obat gusi berdarah

Kandungan saponin, tanin, kalsium, dan mineral fosfor akan meredakan peradangan pada gusi berdarah. Rebus 10 lembar daun sirih merah dan gunakan airnya untuk kumur 3 kali sehari.

5. Obat bronchitis

Rebus 6-10 lembar daun sirih dalam 300 ml air sampai airnya tinggal separuh. Minum secara teratur 3 kali sehari.

6. Mengobati sakit perut

Kandungan terpenoid dan klavikula pada daun sirih merah bisa mengobati sakit perut. Minum air rebusan 7 lembar daun sirih dan 3 kali sehari untuk menyembuhkan gangguan pada perut.

7. Obat gatal karena alergi dan gigitan serangga

Siapkan rebusan 20-30 lembar daun sirih merah, lalu gunakan untuk mandi 2 kali sehari.

8. Obat inflamasi prostat

Kandungan tanin, saponin, dan hydroxychavicol akan meregenerasi sel-sel di kelenjar prostat. Rebus 3-7 lembar daun sirih merah yang masih muda dan minum air putih sebanyak 3 kali sehari.

9. Obat tekanan darah tinggi

Minyak esensial dan fenol akan menstabilkan tekanan darah. Campurkan air rebusan daun sirih merah dengan madu, kemudian minum 2 kali sehari.

10. Obat batuk

Siapkan 5 lembar daun sirih merah, rebus dengan 300 ml air, kemudian minum 2 kali sehari.

11. Pengobatan payudara bengkak

Daun sirih dapat mengobati payudara bengkak setelah menyusui. Senyawa allylprokatecol dan carvacrol akan membantu meregangkan otot-otot payudara yang meradang. Bakar daun sirih merah sampai layu dan tempelkan pada payudara yang bengkak selagi masih hangat.

12. Mengobati tumor

Senyawa antioksidan, flavonoid, dan terpenoid yang ada di sirih merah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan meningkat, maka sel-sel darah putih tubuh akan dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau tumor berbahaya dari tubuh.

13. Perawatan diabetes

Konsumsi rebusan daun sirih merah. Kandungan terpenoid, klavikula, eugenol, dan pyrene pada daun ini akan membantu kinerja insulin dalam mengatur kadar gula darah.

14. Obat alternatif pneumonia

Buat air rebusan dari 5-7 lembar daun sirih merah dan 500 ml air dan minum secara teratur untuk membersihkan area paru.

15. Obat asam urat

Daun sirih merah akan meredakan nyeri otot dan melepaskan kristal asam urat dalam tubuh. Rebus 8 lembar daun sirih muda dengan 500 ml air hingga tersisa 3 gelas. Minum segelas 3 kali sehari.

16. Mengurangi bau badan

Estradiol dan klavikula dalam sirih merah akan mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Konsumsi air rebusan daun sirih setiap hari dan terapkan 2 lembar daun sirih merah yang sudah ditumbuk ke area ketiak secara teratur.

17. Mengatasi bau mulut

Senyawa eugenol dan capitol pada daun sirih merah akan membantu mengatasi masalah bau mulut. Kumur dengan rebusan daun sirih merah secara teratur pada pagi dan sore hari.

18. Mengobati penyakit jantung koroner

Haluskan 3 lembar daun sirih merah, 7 butir cabai jawa atau buah kemukus, 3 butir bawang merah, dan sejumput jintan. Kemudian tuangi air mendidih dan endapkan. Minum airnya 2 kali sehari.

19. Melancarkan kemih

Terakhir dan tak kalah penting, manfaat daun sirih merah adalah melancarkan kencing. Blender 5 lembar daun sirih merah, kemudian campur dengan segelas susu dan 1 atau 2 sendok madu. Minum setidaknya seminggu sekali.

Demikian manfaat daun sirih merah bagi kesehatan organ dalam dan pengobatan alternatif.

Benarkah Daun Sirih Bisa Atasi Keputihan? (Ideapadx69/Shutterstock)

Manfaat daun sirih hijau

Walaupun tidak mengandung flavonoid seperti sirih merah, manfaat daun sirih hijau juga tak bisa diremehkan.

Ingin tahu apa saja manfaat daun sirih hijau? Berikut ini beberapa khasiat penting yang dimiliki sirih hijau bagi kesehatan, dilansir Boldsky.

1. Menyembuhkan luka

Manfaat daun sirih hijau yang utama adalah membantu percepatan penyembuhan luka. Antioksidan di dalam daun sirih hijau mampu menyembuhkan stres oksidatif sehingga dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Kompres luka dengan daun sirih yang sudah ditumbuk, kemudian balut dengan perban.

2. Mengobati nyeri

Daun sirih tinggi akan chavicol yang berfungsi sebagai zat anti inflamasi. Meminum air rebusannya akan membantu meringankan nyeri di dalam tubuh.Mengobati gangguan pencernaan. Minum air rebusan sirih akan membantu penyerapan mineral dan nutrisi. Sementara mengurapi perut dengan minyak daun sirih bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

3. Menurunkan berat badan

Konsumsi daun sirih bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme, meningkatkan sekresi pencernaan, serta menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Semuanya penting dalam upaya penurunan berat badan.

4. Mengobati sakit tenggorokan

Sifat anti bakteri dan anti-inflamasi pada daun sirih menjadikannya obat alami untuk demam dan sakit tenggorokan.

5. Mengobati disfungsi ereksi pada pria

Sirih bisa melebarkan pembuluh darah di alat vital serta bermanfaat sebagai anti depresan.

6. Melawan kanker

Manfaat daun sirih yang tak banyak diketahui adalah sebagai obat anti-kanker. Mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukemia myeloid kronis. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.

7. Mengatasi gatal

Alergi atau masalah kulit bisa diobati dengan mandi air rendaman sirih. Rendam sirih hijau dalam seember air panas, kemudian tunggu sampai airnya menghangat dan pakailah untuk mandi.

8. Mengatasi luka bakar

Menurut Beauty Health Tips, daun sirih bisa dimanfaatkan untuk luka bakar ringan. Cuci bersih sirih, kemudian remas-remas. Tambahkan sedikit madu organik dan tempelkan pada bagian kulit yang luka bakar.

9. Mencegah bau badan

Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.Itulah aneka manfaat daun sirih hijau untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Daun Sirih untuk Mengatasi Bau Mulut, Ampuhkah? (PhuShutter/Shutterstock)

Manfaat daun sirih untuk mata

Apakah manfaat daun sirih untuk mata? Sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

Mata Minus, Daun Sirih dan Daun Kelor

Manfaat daun sirih untuk wajah dan hilangkan jerawat

Manfaat daun sirih yang paling dikenal adalah khasiatnya dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau efektif untuk mengatasi jerawat di wajah, dada, atau punggung.

Gunakan handuk bersih, celupkan ke dalam air hangat yang sudah dicampur sirih tumbuk. Gunakan untuk mengusap wajah yang sudah dibersihkan dari makeup.

Lakukan proses pencucian wajah seperti ini minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur.

Sementara untuk jerawat di dada atau punggung, Anda bisa memanfaatkan air rebusan sirih yang masih hangat untuk mandi.

Itulah manfaat daun sirih bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Daun sirih. (via: pedulisehat.info)

Manfaat daun sirih untuk Miss V

Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Anda bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk merawat organ intim ini.

Dilansir StyleCraze, manfaat daun sirih hijau adalah sebagai antiseptik yang membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan.

Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocor, Konsep Mobil Balap 2021 Muncul di Dunia Maya

Posted: 15 Sep 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tidak hanya konsep kendaraan konvensional baru yang bisa bocor di dunia maya, konsep mobil balap Formula 1 (F1) ternyata juga bisa menyebar di jejaring sosial sebelum waktunya. Hal tersebut, terbukti dari beredar luasnya konsep tampilan 'jet darat' yang bakal digunakan di musim 2021.

Melansir Motorsport.com, ditulis Sabtu (15/9/2018), bocoran konsep mobil balap F1 ini terjadi ketika Managing Director Motorsport F1, Ross Brawn, menyampaikan gagasannya tentan mobil balap F1 2021 di seminar Tech Talk yang digelar di Singapura.

Meskipun seminar tersebut tertutup, ternyata gambar dari mobil konsep tersebut beredar luas di berbagai media sosial.

Rancangan mobil balap baru tersebut muncul setelah rencana F1 untuk memantapkan perubahan mobil pada 2021. Hal tersebut, agar tercapainya balapan yang lebih menarik bagi fans.

Dari gambar yang beredar, terlihat mobil Ferrari dengan beberapa ubahan desain dari model saat ini. Termasuk, roda berukuran 18 inci yang akan diaplikasikan di masa depan. Untuk sayap depan juga terlihat lebih simpel, dengan endplate yang menjulang.

Bodywork bagian sidepod juga tidak seagresif saat ini, dengan kap mesin dan sayap belakang menjadi satu bagian. Masih belum diketahui, apakah bagian tersebut adalah DRS yang dipanjangkan.

Selanjutnya

Brawn sendiri mengungkapkan keinginannya untuk menghilangkan alat bantu menyalip, dan endplate sayap belakang yang nampak menutupi ban belakang, di mana bisa menjadi langkah aman untuk menghindari mobil meluncur ke bagian atas saat terjadi kecelakaan.

Hingga berita tersebut ditulis oleh Motorsport, belum ada konsep pasti terkait bentuk mobil. Liberty Media selaku pemilik F1 tengah berdiskusi dengan tim untuk merampungkan rencana pergantian desain mobil yang bakal dilakukan pada 2021 tersebut.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Hantam Filipina, Topan Mangkhut Begerak Menuju Hong Kong dan China

Posted: 15 Sep 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Hong Kong - Topan Mangkhut nan dahsyat menuju ke arah Hong Kong dan pantai China selatan pada Minggu 16 September 2018, setelah menghantam Filipina dan menimbulkan kekacauan yang menewaskan sedikitnya 25 orang.

Topan tropis Mangkhut dianggap sebagai yang terkuat di kawasan Asia tahun ini, membawa angin kencang berkecepatan lebih dari 200 kilometer per jam, setara dengan badai kategori 5 skala Saffir-Simpson, demikian seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu (16/9/2018).

Pihak berwenang Filipina mengatakan, sedikitnya 25 orang tewas, termasuk seorang bayi dan seorang balita. Kebanyakan dari mereka tewas akibat tanah longsor di daerah pegunungan. Itu juga menyebabkan sedikitnya 13 orang hilang.

"Tanah longsor terjadi ketika beberapa warga kembali ke rumah mereka setelah topan," kata koordinator penanggulangan bencana Francis Tolentino di Radio DZMM Filipina, menambahkan bahwa 5,7 juta orang telah terdampak, namun, sebagian besar telah bersiap. "Tidak peduli seberapa siapnya kita, itu semua ada batasannya."

Topan Mangkhut, nama Thailand untuk buah manggis khas Asia Tenggara, diharapkan bertolak sejauh 100 km ke selatan Hong Kong dan membelok ke barat menuju pantai provinsi Guangdong selatan China, dan Macau.

Hong Kong menaikkan sinyal bahaya topan ke No. 10, level tertinggi pada pertengahan pagi, ketika gelombang dahsyat menghantam daerah dataran rendah. Angin kencang juga mengguncang jendela di banyak gedung pencakar langit yang menjulang tinggi.

Beberapa penduduk telah dievakuasi dari daerah dataran rendah, yang mana mereka terancam berhadapan dengan ombak besar akibat badai setinggi 3,5 meter.

Puluhan ribu pelancong memiliki rencana yang terganggu setelah bandara internasional Hong Kong membatalkan sebagian besar penerbangan. Sejumlah maskapai penerbangan, termasuk Cathay Pacific, membatalkan banyak penerbangan akhir pekan ini lalu.

Tahun lalu, topan Hato, salah satu yang terkuat dalam beberapa tahun terakhir, menghantam kawasan itu, menyebabkan sembilan kematian dan sejumlah kerusakan signifikan di Makau, memicu kecaman bahwa pihak berwenang belum mempersiapkan diri dengan baik jelang badai menerjang.

Kali ini, Makau telah berhati-hati, dengan para pejabat mengatakan pihaknya menutup perjudian kasino pada Sabtu malam dan Tentara Pembebasan Rakyat China siaga untuk bantuan bantuan bencana.

"Penangguhan ini untuk keselamatan karyawan kasino, pengunjung kota, dan penduduk," kata pemerintah Makau dalam sebuah pernyataan.

China telah memerintahkan sekitar 6.000 kapal untuk kembali ke pelabuhan, dan mengevakuasi ribuan pekerja tambang minyak lepas pantai demi meminimalisir korban dan kerusakan jelang Topan Mangkhut, kata kantor berita China, Xinhua.

 

Simak video pilihan berikut:

Raja Badai

Pengendara motor menerjang hujan dan angin kencang yang dibawa Topan Mangkhut di Manila, Filipina (15/9). Topan Mangkhut menghantam pantai timur laut Filipina pada Sabtu pagi menghancurkan sebagian wilayah di negara tersebut. (AP Photo/Bullit Marquez)

Topan Mangkhut, yang oleh media di Tiongkok disebut sebagai 'Raja Badai' diperkirakan akan mendarat pertama kali di Provinsi Guangdong, antara Kota Zhuhai dan Wuchuan di malam hari, kata pejabat cuaca.

Pelabuhan, kilang minyak dan pabrik industri di Guangdong telah ditutup. Akses ke beberapa area juga dibatasi sebagai tindakan pencegahan, kata otoritas.

Badai telah memicu kekhawatiran tentang produksi gula di pabrik-pabrik di Guangdong, dengan potensi kenaikan harga sepanjang pekan depan. Guangdong memproduksi sekitar 1 juta ton, atau sepersepuluh hasil gula nasional.

Bandara di Kota Shenzhen telah ditutup sejak tengah malam, dan akan ditutup sampai 08.00 pagi (24.00 GMT) pada hari Senin 17 September. Di Guangzhou, jadwal penerbangan antara siang hari pada hari Minggu dan 08.00 pagi pada hari Senin telah dibatalkan.

Lebih dari 400 penerbangan juga dibatalkan di provinsi tetangganya, Hainan.

Topan Mangkhut akan membawa hujan lebat dan angin ke wilayah otonomi Guangxi Senin pagi, sebelum badai melemah menjadi badai tropis untuk mencapai barat daya Yunnan pada hari Selasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Dapat Kabar Baik Jelang Bergulirnya Liga Champions

Posted: 15 Sep 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United (MU), Jose Mourinho memberikan kabar terbaru mengenai kondisi Luke Shaw. Mourinho memperkirakan Shaw sudah bisa main lagi saat Setan Merah melawan Young Boys tengah pekan depan.

Shaw yang performanya tengah menanjak mengalami kejadian yang kurang beruntung. Ia mengalami tabrakan pada saat membela Timnas Inggris, sehingga ia divonis mengalami gegar otak ringan. 

Shaw sendiri dikabarkan kondisinya sudah membaik. Namun ia tidak masuk dalam rombongan setan merah yang berangkat ke Vicarage Road tadi malam.

Jose Mourinho sendiri mengonfirmasi bahwa Shaw akan segera comeback dalam waktu dekat. "Luke Shaw akan bermain pada hari Rabu [melawan Young Boys]," buka Mourinho kepada halaman resmi MU.

Mourinho mengatakan bahwa keputusannya untuk memainkan Shaw di hari rabu nanti untuk memberikan rotasi kepada Ashley Young yang tampil selama 90 menit melawan Watford tadi malam.

"Kami tidak bsia bermain dengan satu bek kiri saja dan Ashley Young bukan hanya bek kiri kami, tetap ia juga bisa bermain sebagai bek kanan kami."

"Keduanya saat ini bermain dengan baik dan keduanya merupakan dua pemain yang berbeda."

Senang Shaw Balik

Pemain Manchester United, Luke Shaw (kiri) (AP Photo/Jon Super)

Mourinho sendiri mengaku senang memiliki Shaw dan Young di timnya, karena ia merasa keduanya saling melengkapi satu sama lain.

"Kami beruntung memiliki dua opsi seperti mereka di dalam tim kami. Yang satu adalah pemain muda dan yang satunya adalah pemain yang sudah sangat berpengalaman."

"Kami juga memiliki Darmian, yang menjadi penyelamat saya di saat-saat darurta, dan dia selalu siap untuk menghadapi segalanya." tandasnya.

Setan Merah sendiri memiliki modal yang apik saat laga melawan Young Boys nanti. Mereka sudah memetik dua kemenangan beruntun di EPL sebelum tampil di panggung Liga Champions minggu depan.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketika Turunan Serdadu Belanda Bernostalgia di Purbalingga

Posted: 15 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Purbalingga - Ingatan mengenai tuan dan nyonya Belanda masih membekas. Kerkhof atau makam orang Belanda dan bekas jalur rel tua menjadi artefak yang masih tersisa.

Pada masa kejayaan VOC, Purbalingga menjadi daerah penting produksi gula. Rel lori menjulur dari Purbalingga, Tidu, Kemangkon, Bukateja, dan Kecamatan Rakit untuk pengiriman tebu ke Pabrik Gula (Suikerfabriek) Klampok, Banjarnegara.

Purbalingga juga menjadi wilayah penting yang bersanding dengan Pabrik Gula Kalibagor di Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, hingga Wonosobo.

Purbalingga sebagai kota dengan seribu kenangan rupanya tak hanya melekat pada pribumi. Serdadu atau bekas pegawai Belanda di wilayah Indonesia pun memelihara ingatan, yang lantas diwariskan ke anak keturunannya, dari generasi ke generasi.

"Hari ini juga begitu, mereka melakukan Trip selama satu bulan di Indonesia dan hari ini kebetulan trip ke Purbalingga," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga, Yanuar Abidin, Jumat, 14 September 2018.

Puluhan tahun silam, orang-orang Belanda yang memiliki kisah di Indonesia mendirikan Yayasan Pikulan. Lewat wadah bersama ini, mereka menjalin satu demi satu cerita tentang daerah-daerah di Indonesia, termasuk Purbalingga.

Anggota yayasan pikulan sebagian besar merupakan generasi ke 2 veteran perang Belanda. Itu artinya, sebagian mereka mengalami masa kecil di Indonesia.

Sebanyak 19 anggota Yayasan Pikulan, tiba di Purbalingga sejak Jumat pekan lalu. Mereka hendak bernostalgia di wilayah yang dahulu sempat menjadi tempat tinggal orang tua, kakek, atau bahkan buyut-buyut mereka.

Yanuar mengatakan, tamu dari Belanda ini merupakan keturunan para tentara Belanda yang dulu pernah tinggal di Indonesia, khususnya Purbalingga. "Mereka berwisata dua tahun sekali," imbuh Yanuar yang menyambut para menir Belanda.

Sebenarnya, tamu dari Belanda ini hendak bertemu dengan Plt Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Namun, bupati tak berada di tempat.

Produk Khas Purbalingga Pikat Wisatawan Belanda

Anak keturunan veteran perang Belanda berkunjung ke Pabrik Davos, permen mint pertama di Indonesia, di Purbalingga. (Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Tak ingin kehilangan kesempatan, konsep penerimaan tamu ini dikemas sedemikian rupa untuk mengenalkan beragam potensi Purbalingga. Tamu dari Belanda ini diperkenalkan berbagai produk UMKM Purbalingga dengan sajian musik keroncong.

"Purbalingga juga mempunyai produk-produk unggulan seperti UMKM dan kita sambut dengan musik tradisional keroncong. Saya pikir mereka sangat tertarik dengan hal-hal yang sifatnya tradisional," Yanuar mengungkapkan.

Salah satu yang memikat hati wisatawan Belanda adalah batik tulis khas Purbalinngga. Motif dan desain tidak dapat dijumpai di tempat lain.

Motif batik yang banyak disukai yakni motif khas tumbuh-tumbuhan seperti pring sedapur dan lumbon. Motif tanaman khas Purbalingga ini tidak ditemui di tempat lain bahkan di negara mereka.

Mereka pun antusias. Tidak hanya melihat-lihat, beberapa wisatawan membeli batik khas Purbalingga untuk buah tangan ke negara asalnya. Selain batik, ada pula olahan makanan asli Purbalingga yang dipamerkan seperti kopi khas Kertanegara, setup nanas, dan aneka cemilan asli Purbalingga.

Kepala Bidang UMKM Dinkop dan UKM, Adi Purwanto mengatakan, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Purbalingga menjadi pangsa pasar baik untuk memperkenalkan produk-produk unggulan. Harapannya, mereka juga mempromosikan di negaranya.

"Jadi mungkin teman-teman Belanda yang datang kesini sudah sering melihat batik tapi mereka melihat batik kan yang sifatnya nasional mungkin yang dari sentra-sentra batik yang lokal-lokal ini kan mereka jarang melihat," kata Adi.

Bantuan untuk Siswa Miskin

Anggota yayasan Pikulan mencermati detail produk khas Purbalingga. (Liputan6.com/Dinkominfo PBG/Muhamad Ridlo)

Usai seremonial di Pendopo Kabupaten, turis Belanda melanjutkan perjalanannya ke SD Kristen Bina Harapan Purbalingga. Setelah itu mengunjungi PT. Davos untuk mengenang masa lalu mereka.

PT Davos diklaim sebagai pabrik kembang gula atau permen mint tertua di Indonesia. Konon, rasanya tak berubah dari masa ke masa, melintasi zaman. Pabrik ini didirikan pada era 1930-an atau sebelum Indonesia merdeka.

Anggota Yayasan pikulan juga diajak berwisata ke Desa Jatisaba menggunakan dokar atau delman. Berangkat dari Alun-alun Selatan Purbalingga ke Kodim Purbalingga, kemudian mengitari Desa Jatisaba dan berakhir di Perempatan Bojong.

Rupanya, kedatangan Yayasan Pikulan Belanda ini tak melulu soal nostalgia dan wisata. Mereka juga memberi bantuan pendidikan bagi anak-anak dari keluarga miskin. Bantuan dana pendidikan diberikan setiap enam bulan sekali, untuk jenjang SD, SMP hingga SMA.

Direktur Operasional Yayasan Pikulan, Baron mengatakan, sejak 34 tahun lalu sang pendiri Yayasan Pikulan, Great Folkerts telah membantu anak-anak putus sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Sampai saat ini project bantuan bukan hanya di Purbalingga saja namun ada 9, yakni 7 project di Jawa dan 2 diluar Jawa salah satunya ada di Bali. Project yang dilakukan di Purbalingga merupakan salah satu pilot project, yang paling berhasil," jelas Baron.

Koordinator Penerima Bantuan Yayasan Pikulan untuk wilayah Purbalingga, Sri Usdiningsih mengatakan, di wilayah Purbalingga penerima bantuan ada tujuh anak. Masing-masing anak menerima bantuan Rp 150 ribu per bulannya.

"Dana nantinya akan diterimakan 6 bulan sekali. Dari Tahun 1986 yayasan pikulan berdiri sudah banyak yang dibantu. Dan satu orang ada yang sampai dibantu sampai D3," kata Sri.

Penerima bantuan pikulan, Faizal Adi Nugroho, siswa kelas 10 SMA Muhamadiyah Purbalingga mengatakan, bantuan digunakan untuk membayar SPP dan membeli perlengkapan sekolah, seperti pakaian seragam, buku tulis, sepatu dan tas sekolah.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hazard Mulai Nikmati Strategi Sarri

Posted: 15 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah pengakuan diberikan Eden Hazard. Playmaker Chelsea itu mengakui bahwa ia sangat menikmati gaya bermain Chelsea di bawah kepemimpinan Maurizio Sarri.

Seperti yang sudah diketahui, Chelsea memiliki manajer baru musim ini. Mereka resmi ditukangi oleh Maurizio Sarri setelah Antonio Conte dipecat manajemen The Blues. 

Sarri sendiri sendiri memiliki gaya bermain yang berbeda dari Conte. Gaya bermain itu terbukti efektif, di mana Chelsea sudah mengemas lima kemenangan dari lima laga perdana mereka di EPL musim ini.

Hazard sendiri mengakui bahwa ia mulai menikmati taktik yang diracik oleh eks arsitek Napoli tersebut. "Saya selalu senang ketika saya bermain sepak bola," buka Hazard kepada BBC Sports.

Hazard mengakui bahwa gaya bermain Sarri memberikan dampak yang positif bagi Chelsea.

Hazard menyebut ia dan rekan-rekannya menjadi lebih bebas dalam mengekspresikan diri di atas lapangan dan itulah mengapa mereka berhasil meraih lima kemenangan beruntun di EPL.

"Saat ini kami diberikan banyak kebebasan di atas lapangan sehingga pergerakan kami lebih baik. Ketika kami mencoba untuk melakukan sesuatu, hal itu mampu membuahkan hasil yang baik."

Yang Terbaik

Eden Hazard (AFP/Glyn Kirk)

Pada laga di Stamford Bridge tersebut, Hazard menjadi pahlawan Chelsea dengan mencetak hattrick ke gawang Cardiff. Hazard sendiri merasa senang bisa membawa timnya meraih 3 poin di depan pendukung mereka.

"Saya hanya ingin melakukan yang terbaik untuk klub ini, di mana klub ini sudah memberikan banyak hal bagi saya."

"Saya selalu ingin melakukan yang lebih untuk tim ini. Membuat lebih banyak peluang, mencetak lebih banyak gol dan hari ini saya mencetak hattrick. Jadi saya akan mencoba untuk melakukan itu lagi di masa depan." tandasnya.

Pada laga di Stamford Bridge tersebut, Hazard menjadi pahlawan Chelsea dengan mencetak hattrick ke gawang Cardiff. Hazard sendiri merasa senang bisa membawa timnya meraih 3 poin di depan pendukung mereka.

"Saya hanya ingin melakukan yang terbaik untuk klub ini, di mana klub ini sudah memberikan banyak hal bagi saya."

"Saya selalu ingin melakukan yang lebih untuk tim ini. Membuat lebih banyak peluang, mencetak lebih banyak gol dan hari ini saya mencetak hattrick. Jadi saya akan mencoba untuk melakukan itu lagi di masa depan." tandasnya.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layanan Jual Beli Mata Uang Digital Tokocrypto Resmi Meluncur di Indonesia

Posted: 15 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melewati tahap beta closed test pada Juli 2018, platform baru yang menawarkan layanan jual beli cryptocurrency (mata uang digital) Tokocrypto, akhirnya resmi meluncur ke Indonesia.

Layanan ini menawarkan transaksi jual beli mata uang digital Bitcoin dan Ethereum, yang berbasis teknologi Blockchain.

Peluncuran Tokocrypto sendiri mengambil momen konferensi In Blocks 2018 (Indonesia's Largest Blockchain Conference) yang dihelat di Grand Hyatt Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Dengan meluncurnya platform ini, Tokocrypto ke depannya akan melakukan beragam inisiatif, seperti edukasi publik, menjalin relasi dengan komunitas, dan tentunya yang paling penting: berkomunikasi dengan pemerintah dan regulator.

"Blockchain telah berkembang cepat selama beberapa tahun terakhir. Bahkan tak sedikit yang mengaku kalau Blockchain itu adalah teknologi revolusioner berikutnya," ujar pendiri dan CEO Tokocrypto Pang Xue Kai.

"Kami juga aktif menjalin hubungan dengan komunitas, dan pemerintah. Lewat peran ini, Tokocrypto ingin menyalurkan edukasi, informasi, dan pengembangan soal aset digital dan Blockchain di Indonesia," tambahnya lagi.

Tokocrypto pun tahu soal isu keamanan dan pengetahuan publik tentang mata uang digital dan Blockchain masih sangat terbatas, apalagi soal bursa dafang terbatas untuk aset digital. Karenanya, Tokocrypto menghadirkan platform yang sederhana dan mudah diakses, dengan transaksi yang cepat dan aman.

 

Ekosistem Tokocrypto

Ilustrasi aplikasi Tokocrypto. Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza

Tokocrypto sendiri telah mengembangkan ekosistem dengan tiga fungsi penting yang saat ini sudah berjalan. 

Pertama, ada Toko News, di mana merupakan platform yang menghubungkan orang Indonesia dengan informasi terkini tentang dunia aset digital.

Berikutnya ada Toko Outreach, di mana memungkinkan pengguna bisa berkumpul dan berbagi pengetahuan soal aset digital dan Blcokchain. Tokocrypto pun berkeinginan untuk bekerjasama dengan komunitas mahasiswa di universitas untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman soal peluang dan pemanfaata Blockchain.

Terakhir, ada Toko Launchpad. Dengan fungsi ini, masyarakat bisa diharapkan mendapat akses untuk berpartisipasi dengan proyek aset digital yang ada di dalam maupun luar negeri. Toko Launchpad bakal memanfaatkan keahlian dalam hal teknis, pemasaran, operasi, dan pengembangan bisnis dari seluruh dunia untuk memberikan panduan kepada proyek-proyek potensial.

In Blocks 2018

Peluncuran Tokocrypto di acara In Blocks, Jakarta, Sabtu (15/9/2018). Liputan6.com/Jeko I.R.

In Blocks 2018 sendiri disponsori oleh TTC Protocol dan Rate3 Network. Konferensi ini dihadiri oleh para pegiat teknologi, pelaku bisnis, dan komunitas yang tertarik dengan Blockchain.

Adapun In Blocks 2018 menghadirkan 10 orang pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing, mulai dari pendiri dan Presiden TTC Protocol Brian Cheong, pendiri dan CEO Rate3 Network Jake Goh, CEO BridgeX Jake Goh, dan masih banyak lagi.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Richard Kyle Tak Hafal Nama-Nama Sahabat Jessica Iskandar

Posted: 15 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tiga bulan Jessica Iskandar berpacaran dengan Richard Kyle. Selama itu juga keduanya mencoba saling mengenal. Hampir di setiap kesempatan, Jessica dan Richard selalu tampil berdua.

Keduanya juga sering mengunggah kebersamaan mereka di akun Instagram. Termasuk baru-baru ini Jessica Iskandar mengunggah sebuah video bersama Richard Kyle dengan tema Question and Answer.

Dalam video tersebut, pria yang akrab disapa Richo tersebut disuruh menjawab semua pertanyaan tentang kehidupan Jessica Iskandar. Ia dites apakah mengetahui semua hal tentang Jessica setelah tiga bulan pacaran.

Anggota Girls Squad

Girls Squad (Adrian Putra/Bintang.com)

Termasuk soal siapa saja anggota Girls Squad yang merupakan geng Jessica Iskandar. Meski tak begitu hafal, pria yang lahir di Australia itu mencoba menyebutkan satu per satu member Girls Squad yang diketahuinya. Tanpa menyerah, Richard Kyle berhasil mengingat nama-nama sahabat Jessica Iskandar tersebut.

"Tere, Chacha, dokter Irene, Sally, Jedar, Nia, itu udah enam. Aku enggak tahu yang sisanya, aku enggak ingat," ujar Richo.

Banyak Banget...

Girls Squad. (Instagram/itsgirlsquad)

Setelah itu Jedar pun mengingatkan satu per satu member Girls Squad pada sang kekasih yang saat itu masih dipenuhi dengan kebingungan.

"Sebenernya ada 10," jawab ibu dari El Barack itu. "Wow, banyak banget geng ini ya. 10 girls buat Girls Squad," respons Richard Kyle. (Mita Anandayu/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Deretan Keunggulan Boeing 737 MAX 8, Pesawat Baru yang Dioperasikan Lion Air

Posted: 15 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama ini Lion Air Group baru saja menerima pesawat terbaru jenis Boeing 737 MAX 8 beregistrasi PK-LQP. Pesawat ini dikirim langsung dari Boeing Company yang berbasis di Amerika. Boeing 737 MAX 8 ini merupakan armada ke-10 yang dioperasikan oleh Lion Air dari total pesanan sebanyak 218 Boeing MAX. 

Boeing 737 MAX 8 akan memperkuat jaringan penerbangan Lion Air Group yang saat ini sudah dilayani, serta untuk menunjang penambahan rute-rute baru. Dari total 10 Boeing 737 MAX 8 yang dimiliki Lion Air Group ini telah melayani penerbangan ke Arab Saudi, Korea, China, dan seluruh rute domestik. Boeing 737 MAX 8 digadang-gadang lebih istimewa jika dibandingkan dengan varian B737 yang dioperasikan maskapai lain.

Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air (foto: Camelia)

Dari segi engine sendiri Boeing 737MAX 8 dirancang lebih ringan sehingga efisien bahan bakar. Nyatanya hal ini juga memberikan keuntungan kepada penumpang karena harga tiket perjalanan jadi lebih murah jika dibandingkan dengan maskapai yang menggunakan pesawat lain. Hal ini diungkapkan secara langsung oleh Kapten Bambang Gunawan selaku Deputy Director Operiation of Lion Air.

"Regenerasi navigasi pesawat ini lebih canggih dan update. Sehingga dari sisi cost baik maintanance maupun biaya penumpang jadi lebih kecil karena jarak tempuh yang lebih panjang fuel 20 persen lebih irit" ujar Kapten Bambang Gunawan kepada Liputan6.com pada Jum'at (14/9).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lebih canggih dan nyaman untuk Penumpang

Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air (foto: Camelia)

Dari segi kabin sendiri Boeing 737 MAX 8 terasa lebih nyaman bagi penumpang. Hal ini lantaran pada Boeing 737 MAX 8 hanya terdapat 180-189 seat sehingga space untuk duduk lebih luas. Sehingga penumpang yang memiliki perjalanan cukup panjang tak akan terganggu.

Toilet pesawat ini juga lebih canggih dari seri sebelumnya karena terdapat mode autodrain sehingga toilet akan terus kering dan tidak becek. Tak cukup sampai di situ, Boeing 737 MAX 8 memiliki suara mesin yang halus sehingga tak sebising pesawat lainnya. Hal ini semakin menambah kenyamanan penumpang bukan, terutama bagi mereka yang membawa balita. 

Boeing 737 MAX 8 milik Lion Air (foto: Camelia)

Selanjutnya ketika melihat sayap pesawat Boeing 737 MAX 8, ada satu hal yang menarik perhatian dan berbeda dengan pesawat kebanyakan. Ujung sayap Boeing 737 MAX 8 nampak seperti terbelah menjadi dua, satu menjulur ke atas dan satu ke bawah.

Nyatanya sayap model baru ini menjadi ciri utama dari varian Boeing 737 MAX 8. Bukan tanpa alasan, model sayap yang terbelah menjadi dua tersebut berguna untuk memecah turbulensi udara yang terjadi di ujung sayap terutama saat pesawat terbang dalam kecepatan tinggi. Benar-benar canggih ya. So, apa kalian berminat traveling menggunakan Boeing 737 MAX 8 ini?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Alasan Hubungan Harus Segera Diakhiri Saat Pasangan Selingkuh

Posted: 15 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selingkuh bisa menjadi bentuk pengkhianatan yang menyakitkan. Sayangnya, masih banyak orang merasa kesulitan keluar dari sebuah hubungan, walau pasangan jelas-jelas selingkuh.

Dilansir dari yourtango.com, Jumat (14/9/2018), berikut ini adalah beberapa alasan Anda harus segera mengakhiri hubungan cinta begitu pasangan ketahuan selingkuh. Anda berhak bahagia.

1. Pasangan selingkuh memang untuk keluar dari hubungan yang sedang dijalani

Selingkuh bisa menjadi cara pasangan untuk keluar dari hubungan yang dijalinnya bersama Anda. Ini menghindarkan pasangan dari rasa sakit hati karena tanggung jawab atas tindakannya sendiri.

Selingkuh adalah tanda bahwa pasangan Anda adalah sosok yang pengecut, karena ia tidak bisa jujur. Anda benar-benar layak mendapatkan seseorang yang lebih baik, daripada seseorang yang hanya bisa selingkuh.

 

Pasangan terus berbohong

Ilustrasi Foto Bertengkar dengan Pasangan (iStockphoto)

2. Pasangan terus berbohong

Jika pasangan terus berbohong tentang selingkuh yang dilakukannya, bawa bukti. Dan ketika bukti juga tidak bisa membuatnya jujur, maka Anda harus segera keluar dari hubungan tersebut.

Pasangan tidak hanya berbohong, namun juga mencoba menyakinkan bahwa Anda sudah gila karena melihat kebenaran. Ini jelas kombinasi yang buruk untuk hubungan Anda.

Anda akan merasa lega ketika hubungan tersebut berakhir

Ilustrasi pasangan bertengkar (iStockpohoto/AntonioGulliem)

3. Anda akan merasa lega bisa mengakhiri hubungan tersebut

Ketika Anda benar-benar mengakhirinya, percayalah bahwa akan ada perasaan lega. Ambil kesempatan tersebut untuk memulai hidup yang lebih baik dan baru.

Ini mungkin tidak mudah, namun bukannya tidak mungkin, bukan? Jika Anda bersikeras untuk tetap bersama seseorang yang telah selingkuh, ingatlah, bahwa semua ini adalah pilihan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kader Minta Fee Rehabilitasi Gempa, Golkar: Kok Ada yang Tega

Posted: 15 Sep 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Golkar mengecam ulah kader Golkar di Mataram yang terjaring OTT Kejaksaan Negeri Mataram. Hal ini disampaikan Wakil Korbid Penggalangan Khusus Golkar, Rizal Mallarangeng, saat ditemui di Rusun Perumnas Cengkareng, Jakarta Barat, Minggu (16/9/2018).

"Kita sangat prihatin, kita sayangkan, kita kecam dan mohon maaf jika itu terjadi di luar pengetahuan kita semua," ucapnya.

Kader Golkar yang juga Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram, Muhir terjaring OTT. Ia diduga meminta fee untuk proyek perbaikan sekolah pascagempa.

"Saat masyarakat butuh bantuan kok ada orang yang tega-teganya mencari keuntungan dari itu. Itu sangat tidak terpuji," kata Rizal.

Ia sedih dengan ulah politikus Golkar itu. Walaupun dugaan uang yang diterima itu nilainya kecil, tapi dampaknya sangat besar.

Apalagi setelah bencana gempa bumi melanda Pulau Lombok sejak akhir Agustus lalu. "Kita minta maaf, kita sayangkan, dan kita kecam hal ini tidak boleh terulang kembali," ujarnya.

 

Tak Terkait Golkar

Rizal mengatakan apa yang dilakukan oknum itu tak ada kaitannya dengan partai. Tindakannya merupakan perbuatan pribadi.

Ia memastikan pengurus Golkar akan melakukan evaluasi terhadap ulah kader tersebut. Evaluasi juga akan dilakukan untuk kader yang lain sehingga kejadian serupa tak terulang kembali.

Reporter: Hari Ariyanti 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Garuda Indonesia Batalkan Penerbangan Rute Hong Kong Akibat Badai Mangkhut

Posted: 15 Sep 2018 09:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Garuda Indonesia membatalkan penerbangan rute Hong Kong, pada pada Sabtu dan Minggu (15/9 sampai 16/9/2018), akibat bencana badai Taifun Mangkhut di Hongkong.

‎Vice President Corporate Secretary ‎Garuda Indonesia Hengki Heriandono mengatakan, otoritas Bandara Hong Kong telah mengeluarkan peringatan, terkait potensi serangan badai Taifun Mangkhut, sehingga memaksa Garuda Indonesia membatalkan penerbangan ke Hong Kong.

"Pembatalan penerbangan ke atau dari Hong Kong tersebut menyusul peringatan‎ otoritas bandara Hong Kong," kata Hengki, di Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Dia menambahkan, dengan situasi force majeure ini, seluruh penumpang Garuda Indonesia yang terdampak pembatalan jadwal penerbangan dapat mengubah jadwal penerbangannya.

Garuda Indonesia menghimbau para penumpang untuk memastikan kembali jadwal penerbangan dengan menghubungi call center Garuda Indonesia di nomor 021-23519999 dan 0804 1 807 807.

Penumpang juga dihimbau untuk memastikan nomor kontak atau alamat e-mail yang tercantum pada tiket agar kami dapat menghubungi apabila terjadi perubahan jadwal penerbangan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai perubahan jadwal penumpang dapat menghubungi Call Center Garuda Indonesia (24 jam) di nomor 021-2351 9999 dan 0804 1 807 807. www.garuda-indonesia.com dan Twitter @IndonesiaGaruda.‎

 

 

Filipina Terancam Gagal Panen Nasional Akibat Topan Mangkhut

Warga berjalan di samping bangunan yang roboh akibat Topan Mangkhut di kota Tuguegarao di provinsi Cagayan, timur laut Filipina (15/9). (AP Photo/Aaron Favila)

Masyarakat di Filipina bersiap menghadapi Topan Mangkhut, yang disebut sebagai badai paling kuat tahun ini. Jutaan orang yang tempat tinggalnya berpotensi dilewati oleh badai terkait, telah berbondong-bondong mengungsi ke tempat aman, menyusul prediksi hujan deras berisiko memicu tanah longsor dan banjir bandang.

Pejabat Filipina telah memerintahkan evakuasi dan menutup sekolah dan kantor ketika Topan Mangkhut mendekat, membawa angin yang bertiup dengan kekuatan lebih dari 200 kilometer per jam.

Palang Merah Filipina mengatakan para pekerja daruratnya sedang siaga. Richard Gordon, ketuanya, mengatakan: "Kami khawatir terhadap 10 juta orang di Filipina yang hidup di jalur badai yang merusak ini, termasuk mereka yang telah mengungsi beberapa kali karena hujan deras pada bulan Juli dan Agustus lalu."

Dikutip dari The Guardian pada kamis (13/9/2018), para petani berlomba untuk memanen tanaman mereka sebelum badai menerjang, yang menurut para pengamat cuaca dapat terjadi pada akhir pekan nanti di provinsi Cagayan utara.

Dijelaskan oleh pengamat cuaca Meno Mendoza, angin yang berkelanjutan dapat menguat hingga kecepatan 220 kilometer per jam, atau tepat di bawah kategori topan super, sebelum melakukan pendaratan akhirnya di sekitar perbatasan antara Vietnam dan China.

"Dengan gelombang ganas yang mencakup area sepanjang 900 kilometer, dan dikombinasikan dengan hujan musiman, badai bisa membawa curah hujan tinggi yang berisiko memicu tanah longsor dan banjir bandang," kata Mendoza.

Setelah meninggalkan Filipina, Topan Mangkhhut yang bergerak cepat diperkirakan akan melanda China selatan pada hari Minggu, jika jalurnya tidak bergeser jauh.

Manuel Mamba, gubernur Cagayan, mengatakan desa-desa pesisir dan pulau di utara Filipina itu terus dievakuasi sejak hari Kamis, menjelang serangan badai besar yang diperkirakan terus melaju dari Pasifik Selatan ke arah barat laut.

Sekolah-sekolah di wilayah utara provinsi Cagayan diliburkan mulai Kamis ini. Di hari yang sama, kantor-kantor diberikan toleransi pulang dini jika peringatan badai telah sampai tingkat tertinggi, yang kemungkinan besar berjarak 5-6 jam sebelum benar-benar datang melintas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Sriwijaya FC Vs Persebaya: Momentum Kebangkitan

Posted: 15 Sep 2018 09:45 PM PDT

Jakarta Pekan ke-22 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak akan mempertemukan dua klub yang sama-sama tengah terpuruk yakni Sriwijaya FC dan Persebaya Surabaya. Laga ini digelar di Stadion Gelora Sriwijajaya Jakabaring, Palembang, Minggu (16/9/2018).

Sriwijaya FC melewati tiga pertandingan terakhir tanpa meraup poin. Sementara Persebaya melakukannya dalam dua laga terakhir, termasuk dipermalukan 0-2 PS Tira di kandang sendiri, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya (11/9/2018).

Pelatih Sriwijaya FC, Subangkit, sadar kondisi tim asuhannya memang sempat terpuruk. Namun, setelah kalah 0-1 dari Persipura Jayapura (11/9/2018), Laskar Wong Kito mulai mempersiapkan diri untuk menyambut laga ini.

"Pasca melawan Persipura, kami memiliki tiga kali latihan. Tentunya kami melakukan evaluasi karena sudah kehilngan angka di tiga laga terakhir. Mudah-mudahan pertandingan ini bisa membuat kami meraih poin penuh," kata pelatih asal Pasuruan itu.

Modal berharga dimiliki Sriwijaya FC di pertandingan ini. Klub berjulukan Laskar Wong Kito kembali bertanding di markas mereka, setelah dua kali laga kandang digelar di Stadion H. Agus Salim, Padang.

Selain itu, beberapa pemain yang menjadi andalan tim juga sudah kembali dari cedera. Hal itu semakin memantapkan Subangkit untuk bisa mengamankan poin di kandang sendiri.

"Ada beberapa pemain yang dalam kondisi cedera, saya rasa bisa turun. Contohnya Manu (Dzalilov) dan Marko (Meraudje). Zulfiandi juga semakin membaik selama latihan. Saya harap, mereka bisa tampil," imbuh Subangkit.

 

 

Mencuri Poin

Di kubu tamu, pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman, juga tidak ingin kalah. Dia ingin anak asuhnya bisa menang untuk menggantikan poin yang hilang di kandang pada pekan lalu.

"Ini adalah penampilan kedua saya sebagai pelatih bersama Persebaya. Kami bertekad untuk mencari ganti poin. Walau berstatus tamu, tekad kami tetap mencuri poin," ucap pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Status sebagai tim yang sama-sama sedang terpuruk tak membuat Djanur lengah. Dia justru mewaspadai kemungkinan pemain Sriwijaya FC bangkit dengan kembali ke stadion yang selama ini menjadi markas mereka.

"Kami mengantisipasi kebangkitan mereka, setelah bermain di Padang dalam laga home, sekarang mereka sudah kembali. Menurut saya, Sriwijaya FC tetap memiliki pemain-pemain terbaik di Indonesia," ujar Djanur.

Prakiraan Susunan Pemain

Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam (kiper); Marko Meraudje, Goran Ganchev, Ahmad Faris, Andika Roby (belakang); Syahrian Abimanyu, Yoo Hyun-goo, Yogi Rahadian (tengah); Esteban Vizcarra, Beto Goncalves, Manuchekhr Dzalilov (depan)

Pelatih: Subangkit

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Abu Rizal Maulana, Otavio Dutra, Andri Muliadi, Irvan Febrianto (belakang); M. Hidayat, Robertino Pugliara, Misbakus Solikin (tengah); Oktafianus Fernando, David da Silva, Irfan Jaya (depan)

Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ijtima Ulama II, Moeldoko: Agama Jangan Dibawa ke Politik, Kasihan Umat

Posted: 15 Sep 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta agama tidak dicampurkan dengan urusan politik praktis. Hal ini disampaikan Moeldoko menanggapi adanya Ijtima Ulama II yang digagas oleh Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama.

Ijtima Ulama II diselenggarakan di Hotel Grand Cempaka, bilangan Cempaka Putih, Jakarta pada Minggu (16/9/2018).

"Saran saya jangan agama dibawa ke politik. Karena kalau agama dibawa bawa ke politik, kasihan umat. Mau kemana nanti kan," kata Moeldoko di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Menurut Moeldoko, dilibatkannya ulama dalam politik nantinya akan membingungkan masyarakat. Ia pun memberi contoh figur yang kehilangan jemaah setelah makin sering beraktivitas di bidang politik.

"Ujung-ujungnya adalah, sudah banyak ya, sudah banyak contoh. Para public figure yang tadinya giat di agama beralih ke politik, akhirnya massanya jadi hilang. Jangan sampai itu terjadi," tandas Moeldoko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah akan Gelorakan Gerakan Lawan Stunting ke Seluruh Daerah

Posted: 15 Sep 2018 09:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menegaskan pemerintah sangat serius melawan stunting, kondisi gagal tumbuh pada anak usia bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis.

Menurutnya, Kampanye Nasional Pencegahan Stunting akan dilakukan di seluruh daerah. "Semua menteri akan bergerak, semua bupati, di daerahnya masing-masing para gubernur, kita sama-sama bergerak, di seluruh Indonesia," kata Moeldoko.

Hal itu ia sampaikan saat membuka Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Moeldoko mengatakan, masalah stunting tidak hanya terjadi di pedesaan dan daerah terpencil saja. Kota-kota besar di Indonesia juga tak luput dari ancaman stunting.

"Ini sebenarnya masalah, termasuk saya juga begitu. Cucu saya itu suka makan nasi dan krupuk. Ini masalah ini," ucap Meoldoko.

Untuk itu, Ia meminta kepada seluruh keluarga di Indonesia untuk sama-sama bergerak melawan stunting. Mantan Panglima TNI mengatakan, langkah melawan stunting sebagai upaya pemerintah memperbaiki sumber daya manusia (SDM) di masa yang akan datang.

"Agar masa depan kita semakin baik," ucap Meoldoko.

 

Langkah Awal Pembangunan SDM

Moeldoko menambahkan pada 2019 mendatang pemerintah akan fokus pada pembangunan SDM. Langkah awalnya, kata dia, dengan melawan stunting ini.

"Untuk itu pada 2019 nanti, anggaran APBN akan dicurahkan untuk pembangunan SDM. Presiden sudah mengatakan di sidang DPR-MPR kemarin, 16 Agustus 2018 kemarin bahwa pemerintah sangat konsern dalam rangka pembangunan SDM," tandas Moeldoko.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saat yang Tepat Kendalikan Kecepatan Honda CBR di ICE Day 2018

Posted: 15 Sep 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk memberikan wadah bagi pecinta dan komunitas Honda CBR, PT Astra Honda Motor (AHM) bekerjasama dengan PT Wahana Makmur Sejati (WMS) dan PT Daya Adicipta Motora (DAM), selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jakarta, Tangerang, dan Jawa Barat (Jabar) kembali mengadakan Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018.

Gelaran seri kedua dari ICE Day 2018 ini, diadakan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Minggu (16/9/2018). Sebagai acara yang memang khusus dibuat untuk para pecinta kecepatan motor berlambang sayap mengepak ini, diikuti sebanyak 200 starter. Tidak cuma dari Jakarta, tapi berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, dengan peserta paling jauh berasal dari Medan.

Mengusung tema It's Time for Total Control, para peserta memperebutkan hadiah sebesar Rp 55 juta. ICE Day 2018 seri kedua hadir dengan kelas baru yakni kategori komunitas 150 cc pemula dasar.

Untuk merasakan adrenalin adu cepat di sirkuit, para peserta menguji ketangguhan Honda CBR sebanyak enam lap. Sebelum balapan, peserta wajib mengikuti coaching clinic tentang teknik balap, seperti speeding, cornering maupun braking dari pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Rezha Dhanika Ahrens.

 

Sesi coaching clinic Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018 di Sirkuit Sentul. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Selanjutnya peserta dibagi dalam dua kelas, yaitu 150 cc dan 250 cc. Setiap kelas kembali dibagi dua kategori yakni komunitas dan non komunitas. Untuk kategori komunitas, terdiri dari komunitas A CBR 150 cc dengan 16 peserta, komunitas B CBR 150 cc dengan 30 peserta, komunitas C CBR 150 cc dengan 57 peserta, komunitas pemula CBR 150 cc 37 peserta, komunitas A CBR 250 cc dengan 14 peserta, komunitas B CBR 250 cc dengan 23 peserta, dan komunitas C CBR 250 cc dengan 26 peserta.

Sementara itu untuk kategori non komunitas, peserta akan dibagi menjadi dua level yaitu level pemula dan level advance. Pembagian level tersebut akan ditentukan berdasarkan bracket time yang dihasilkan saat sesi kualifikasi.  Untuk non komunitas A CBR 150 cc diikuti delapan peserta, non komunitas B CBR 150 cc dengan 29 peserta, dan non komunitas B CBR 250 cc dengan 19 peserta.

 

Peserta Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018 mendengarkan penjelasan dalam coaching clinic sebelum balap. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Menurut GM Marketing Planning & Analysis PT AHM, Agustinus Indraputra, Honda CBR yang memiliki DNA balap merupakan pilihan utama bagi pecinta kecepatan. Dan gelaran ini, terus mendapatkan antusias tinggi dari para bikers sehingga untuk tahun ini diselenggarakan sebanyak tiga seri, yakni pada April, September dan seri terakhir akan diselenggarakan pada Desember, dengan keseluruhan tiga seri diselenggarakan di Sirkuit Sentul, Jawa Barat.

"AHM berupaya untuk terus hadir menemani kesenangan serta gaya hidup para pengguna motor Honda serta anggota komunitas sepeda motor Honda melalui berbagai kegiatan. Gelaran CBR Race Day ini jawaban bagi para pecinta CBR series yang ingin merasakan langsung performa tinggi motor berkonsep Total Control di lintasan balap," ujar Indraputra di Sentul, Jawa Barat, Minggu (16/9/2018).

 

Kontes Modifikasi di ICE Day 2018

Dalam Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018 diselipkan kontes modifikasi. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

Selain ajang adu kecepatan, Indonesia CBR Race Day seri kedua ini juga dilangsungkan gelaran modifikasi CBR series untuk kelas Bolt on Modification. Ajang ini, diikuti oleh 20 peserta dari berbagai komunitas CBR yang berasal dari wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Sebanyak tiga karya modifikasi terbaik pilihan dewan juri, bakal diunggah di media sosial Honda Community dan  akan dipilih modifikasi terbaik 1, 2 dan 3 berdasarkan jumlah like terbanyak pilihan netizen. Selain berkompetisi, peserta modifikasi akan mendapatkan ilmu modifikasi dari sesi coaching clinic dari modifikator profesional yakni One3 Motoshop.

Beragam aktivitas pun hadir memeriahkan ajang CBR Race Day ini, seperti Safety Riding Challenge berupa Test Skill Narrow Plank, dan akan dipilih tiga peserta terbaik dengan waktu terlama untuk mendapatkan beragam merchandise spesial. Selain itu, gelaran ini juga dihadirkan beragam games seru bagi anggota komunitas Honda CBR yang hadir.

Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2018 digelar di Sirkuit Sentul. (Arief Aszhari/Liputan6.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Live Streaming Indosiar Persela Vs Bhayangkara FC di Liga 1

Posted: 15 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Lamongan - Persela Lamongan bakal pincang kala menjamu Bhayangkara FC dalam lanjutan GO Jek Liga 1 2018, Minggu (16/9/2018) sore ini WIB di Stadion Surajaya, Lamongan. Empat pemain Persela absen.

Dalam laga nanti, Persela tidak diperkuat Wallace Costa Alves, Dendy Sulistyawan, Dwi Kuswanto (kiper), dan Saddil Ramdani. Pelatih Persela, Aji Santoso mengakui laga nanti akan sangat berat.

"Pertandingan ini sangat berat bagi kami. Bukan saja karena kami kehilangan tiga pemain sekaligus, tapi karena Bhayangkara FC memang tim bagus," tutur Aji.

Meski begitu, Aji tidak kehilangan optimisme untuk memperpanjang rekor tak terkalahkan Persela di kandang selama Liga 1 2018. Apalagi, tim berjulukan Laskar Joko Tingkir menargetkan finis di posisi tujuh besar musim ini.

Namun, Bhayangkara FC bertekad membawa pulang poin dari Lamongan. Persela juga tidak pernah menang dari tiga pertemuan terakhir dengan Bhayangkara. Di bawah ini link live streaming.

Link Live Streaming

Untuk menyaksikan live streaming pertandingan Persela vs Bhayangkara FC klik link di sini...

Prakiraan Susunan Pemain

Bhayangkara FC Vs Persela Lamongan, Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Senin (23/4/2018) di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. (Bola.com/Aditya Wany)

Prakiraan Susunan Pemain

Persela Lamongan (4-2-3-1): M. Ridwan (kiper); Eky Taufik, Moch. Zaenuri, Arif Satriya, Ahmad Birrul Waliadain (belakang); Ahmad Subagja Baasith, Guntur Triaji, Gian Zola, Fahmi Al Ayyubi, Diego Assis, (tengah); Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Aji Santoso

Bhayangkara FC (4-4-2): Awan Setho (kiper); Putu Gede, Vladimir Vujovic, Jajang Mulyana, Alsan SAnda (belakang); Sansan Fauzi, Lee Yoo-joon, Adam Alis, Wahyu Subo Seto (tengah); Herman Dzumafo, Paulo Sergio (depan)

Pelatih: Simon McMenemy

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ratusan Orang Ikuti Kampanye Cegah Stunting

Posted: 15 Sep 2018 09:30 PM PDT

Peserta kampanye cegah stunting membawa spanduk saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa spanduk saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa tulisan saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Kampanye ini bertujuan mengurangi penderita stunting di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa tulisan saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Kampanye ini bertujuan mengurangi penderita stunting di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa spanduk saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa spanduk saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa tulisan saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Kampanye ini bertujuan mengurangi penderita stunting di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa tulisan saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Kampanye ini bertujuan mengurangi penderita stunting di Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa tulisan saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa tulisan saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa spanduk saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta kampanye cegah stunting membawa spanduk saat berjalan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Peserta juga bakal memberikan penyuluhan tentang stunting ke masyarakat sekitar. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dewi Perssik Gantikan Posisi Julia Perez di Trilogi Arwah Tumbal Nyai

Posted: 15 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal menghitung hari, film perdana Zaskia Gotik, yakni Arwah, akan tayang pada 27 September mendatang. Film Arwah sendiri, merupakan pembuka dari trilogi Arwah Tumbal Nyai.

Selain Zaskia Gotik, pedangdut Ayu Ting Ting dan Dewi Perssik juga ikut bergabung dalam trilogi Arwah Tumbal Nyai. Raffi Ahmad bertindak sebagai produser film ini lewat rumah produksinya, RA Film.

"Aku salut sama Raffi Ahmad bisa menyatukan aku, Ayu sama Dewi Perssik," tutur Zaskia Gotik saat bertandang ke kantor Liputan6.com di Gondangdia, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Ternyata pada awalnya, mendiang Julia Perez direncanakan untuk ikut terlibat dalam trilogi Arwah Tumbal Nyai.

Permintaan Julia Perez

Zaskia Gotik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Zaskia Gotik menceritakan bahwa ide membuat film ini dicetuskan Julia Perez kepada Raffi Ahmad.

"Sebelumnya, waktu masih ada almarhumah Julia Perez, kan kita Cecepy, ada Ayu, aku, sama almarhumah Jupe. Jadi Jupe ngomong sama Raffi, 'Eh bikinin dong kita film kayak Three Angels'," kata Zaskia Gotik.

Cari Pengganti

(Instagram/dewiperssikreal)

Hanya saja, takdir berkata lain. Jupe telah lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa. Sementara Raffi sudah memiliki konsep cerita untuk film-film ini.

"Cerita udah dapet, jadi ya harus cari sosok pengganti Julia Perez yang setipe dengan dia, yaitu Dewi Perssik," tutur Zaskia Gotik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Matematika 212 Antara PAN-Prabowo Versi Zulkifli Hasan

Posted: 15 Sep 2018 09:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memastikan kader partainya akan total memenangkan Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Ia mengatakan, PAN dan Prabowo seperti sudah diikat takdir.

"Ini isyarat alam Gerindra Nomor 2, PAN 12 jadi 212," katanya di sela Workshop Nasional pembekalan Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Gerindra merupakan partai besutan Prabowo Subianto. Zulkifli Hasan memang tak menjelaskan rinci soal 212 yang ia maksud.

Namun, 212 identik dengan gelombang demonstrasi besar pada 2 Desember 2016. Aksi itu menuntut penegakan hukum terhadap Gubernur Jakarta saat itu basuki Tjahja Purnama atau Ahok dalam kasus dugaan penistaan agama.

PAN bergabung bersama PKS, Demokrat dan Gerindra mengusung Prabowo dan Sandiaga sebagai pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019. 

Prabowo sendiri hadir di Workshop Nasional pembekalan Caleg PAN. Ia tiba sekitar pukul 10.30.

Mengenakan baju biru muda dan peci, ia langsung disambut teriakan para kader PAN. "Prabowo Presiden," teriak para kader PAN menyambut Prabowo.

 

Persiapan 2019

Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan pembekalan 2500 kader PAN hari ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka bertarung di tahun 2019 mendatang.

"Sifatnya ini pembekalan kader internal agar mereka siap tarung, siap tempur sosialiasi. Tarung gagasan dalam ini ya untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat," kata Edy

PAN menargetkan suara yang diperoleh pada Pemilu mendatang minimal 10 persen.

"PAN selama ini konsisten di posisi lima. Memang perolehan suara PAN itu antara 9-10 juta jadi antara 7,5-8 persen. Pemilu ini kita tagret double gidit dan itu sangat memungkinkan dan realistis," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Perseru Vs PSMS: Kesempatan Jauhi Zona Degradasi

Posted: 15 Sep 2018 09:15 PM PDT

Jakarta Dua tim penghuni zona degradasi Perseru Serui menjamu PSMS Medan akan bertemu di Stadion Marora, Serui, Minggu (16/9/2018). Bagi tuan rumah, kemenangan akan membuat mereka menjauh dari zona merah.

Saat ini Perseru menempati peringkat ke-16 klasemen sementara Liga 1 2018 dengan koleksi poin 23. Mereka unggul empat angka atas PSMS di urutan ke-18. Jika meraih kemenangan, posisi tuan rumah bisa melejit hingga ke papan tengah.

Itulah mengapa pelatih Perseru, I Putu Gede, menyebut duel tersebut ini cukup krusial. Ia meminta pemain untuk memanfaatkan kesempatan itu guna mendongkrak posisi di klasemen.

"Posisi kami di klasemen sementara tidak berbeda jauh dengan tim-tim lain baik di atas maupun bawah. Kami butuh kemenangan untuk mendongkrak posisi sekaligus lepas dari zona degradasi," ujar Putu Gede.

Namun, Perseru kemungkinan dalam kondisi pincang saat menjamu tim Ayam Kinantan. Dua pemain asing, Silvio Escobar dan Osmar dos Santos Filho alias Mazinho, dihantam cedera saat tumbang dari Bhayangkara FC (12/9/2018).

"Escobar sudah membaik dan kemungkinan bisa diturunkan. Namun, terpenting adalah pemain bisa bermain lebih baik dan disiplin," lanjut mantan kapten Arema Malang itu.

Putu Gede juga merasa musim ini, tak ada jaminan tuan rumah bisa menang mudah di kandang. "Buktinya, pekan lalu, PSMS dikalahkan PSIS di Medan. Mereka juga sama-sama penghuni papan bawah," ucapnya.

Sementara di kubu tim tamu tak ada target lain kecuali kemenangan untuk memperpanjang napas di pentas Liga 1. Saat ini skuat Medan berada di dasar klasemen dan baru saja menelan kekalahan dari PSIS di kandang sendiri (12/9/2018).

"Kami akan memaksimalkan kesempatan yang ada. Saya percaya pada kemampuan pemain karena mereka sudah bekerja keras selama ini. Mudah-mudahan kali ini hasil akhir berpihak pada kami," ucap pelatih PSMS, Peter Butler.

 

Prakiraan Susunan Pemain

Perseru Serui (4-3-3): Samuel Reimas (kiper); Tony Rooy Ayomi, Yamashita Kunihiro, Donny Harold Monim, Kelvin Mopi (belakang); Jaelani Aray, Makarius Fredik Suruan, Arthur Bonai (tengah); Silvio Escobar, Albeto De Paula, Yohanis Nabar (depan)

Pelatih: I Putu Gede

PSMS Medan (3-4-3): Abdul Rohim (kiper); Reinaldo Lobo, Alexandros Tanidis, Roni Fatahillah (belakang): Frediyan Wahyu Sugiantoro, Shohei Matsunaga, Legimin Raharjo, Gusti Sandria (tengah); Frets Listanto, Antony Putro Nugroho, Felipe Martins (depan)

Pelatih: Peter Butler

Sumber Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BSMI: Ratusan Warga di Lombok Terjangkit Malaria, Butuh Bantuan Medis

Posted: 15 Sep 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah warga Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, yang terdampak gempa terjangkit penyakit malaria. Ketua Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Djazuli Ambari mengatakan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Lombok Barat, ada 105 warga menderita malaria. 

Mereka yang terkena malaria terdiri dari 27 penderita Malaria Tropicana, 22 penderita Malaria Tertiana dan sebanyak 56 orang penderita Malaria Mix.

"Kasus malaria di Lombok Barat usai gempa ditemukan meningkat di 28 dusun, 10 desa dan tiga kecamatan di Lombok Barat. Data tersebut didapatkan Dinkes Lombok Barat, setelah melaksanakan blood mass survey sejak 28 Agustus sampai 7 September 2018," ucap Djazuli, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (16/9/2018). 

Djazuli menyebut, secara resmi Dinas Kesehatan Lombok Barat sudah mengirim surat permohonan bantuan tenaga analis kesehatan dan Rdt (rapid diagnostic test) kepada BSMI Pusat.

"Kami langsung merespons permintaan tersebut dengan menyediakan laboratorium beserta tenaga analis kesehatan yang siap turut andil membantu penanganan kasus malaria di RS Lapangan yang masih beroperasi di Lombok," kata Djazuli seperti dilansir dari Antara. 

Dia memaklumi keterbatasan Dinas Kesehatan Lombok Barat yang kekurangan tenaga, dana dan logistik untuk menangani kasus malaria yang muncul setelah gempa.

KLB

Djazuli pun mengajak setiap elemen untuk terus bahu-membahu memperhatikan Lombok, termasuk mengatasi munculnya penyakit malaria.  Bahkan, kata dia, kasus malaria di Kecamatan Ujung Sari, Lombok Barat telah dinyatakan sebagai kejadian luar biasa (KLB) malaria karena memenuhi 4 dari 5 kriteria KLB.

"Yakni adanya kenaikan jumlah kasus yang bermakna, hasil konfirmasi melalui MFS ditemukan penderita positif plasmodium falciparum (malaria tropicana) dominan, ada kasus bayi yang positif dan timbulnya keresahan masyarakat karena malaria," kata Djazuli.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Peringati Hari Ozon Sedunia, Replika Bola Dunia Digelindingkan

Posted: 15 Sep 2018 09:05 PM PDT

Replika bola dunia berukuran besar digelindingkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Replika bola dunia berukuran besar digelindingkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta pawai Hari Ozon Sedunia 2018 membawa tulisan di sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia yang jatuhnya setiap tanggal 16 September. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Peserta pawai Hari Ozon Sedunia 2018 membawa tulisan di sekitar kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia yang jatuhnya setiap tanggal 16 September. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Replika bola dunia berukuran besar digelindingkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Replika bola dunia berukuran besar digelindingkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pamflet Hari Ozon Sedunia 2018 di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pamflet Hari Ozon Sedunia 2018 di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani kain saat peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia yang jatuhnya setiap tanggal 16 September. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Warga menandatangani kain saat peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia yang jatuhnya setiap tanggal 16 September. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Replika bola dunia berukuran besar digelindingkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Replika bola dunia berukuran besar digelindingkan di sekitar kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (16/9). Acara ini bagian dari peringatan Hari Ozon Sedunia 2018 dengan tema Keep Cool and Carry on! The Montreal Protocol. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diselimuti Kabut Asap Tebal, Aktivitas Warga Banjarbaru Terganggu

Posted: 15 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Banjarbaru - Kabut asap yang cukup tebal menyelimuti kawasan perkotaan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Kabut ini masuk ke dalam rumah sehingga cukup mengganggu aktivitas masyarakat di kota itu.

Pantauan Antara, Minggu (16/9/2018), sebaran kabut asap yang semula tipis, menebal mulai pukul 07.30 Wita dan memasuki rumah-rumah warga.

"Serbuan" asap putih yang dipastikan akibat kebakaran hutan dan lahan itu, selain menimbulkan bau menyengat dan cukup menyesakan saluran pernafasan, juga memerihkan mata.

"Jam 07.00 Wita kabutnya tipis dan belum memasuki rumah, tetapi mulai pukul 07.30 Wita mulai menebal dan masuk ke dalam rumah," ujar Fahrul salah seorang warga Karang Anyar Banjarbaru.

Ia mengatakan, terpaksa menutup pintu dan jendela untuk mengurangi kabut asap yang memasuki seluruh ruangan dalam rumahnya agar tidak terkena dampak langsung.

"Baunya menyengat dan membuat mata saya perih sehingga kami memilih bertahan di kamar dan menutup rapat pintu maupun jendala supaya kabutnya jangan banyak masuk," ucapnya.

 

Asal Kabut Asap

Asap mengepul dari sejumlah titik api yang membakar hutan di wilayah Kalimantan Timur, Selasa (27/10). Kabut asap yang menyelimuti Kalimantan mulai berkurang dikarenakan beberapa wilayah sumber asap telah turun hujan. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Sementara itu, sejumlah ruas jalan perkotaan di Banjarbaru juga diselimuti kabut asap. Meskipun tidak terlalu tebal tetapi terlibat jelas sebaran kabut tipis memenuhi sekitarnya.

Selain itu, sinar matahari pagi yang cukup terik juga tidak mampu menembus kabut tipis sehingga membuat suasana di jalanan menjadi kurang nyaman karena sebaran kabut tersebut.

Munculnya kabut asap di Banjarbaru kemungkinan besar akibat kebakaran lahan terutama lahan gambut terbakar sehari sebelumnya dan menimbulkan kabut asap sehari setelahnya.

Apalagi, Banjarbaru memiliki cukup banyak lahan gambut sehingga sangat mudah terbakar di musim kemarau dan dampaknya menimbulkan kabut asap hingga mengganggu aktivitas warga.

Hingga pukul 08.45 Wita, sebaran kabut asap di perkotaan masih cukup banyak dan rumah-rumah penduduk masih dimasuki kabut yang menyisakan bau hangus bekas terbakar.

Pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel terkait lahan gambut di Banjarbaru sedikitnya terdapat 4 lokasi yang menyebar dengan luasan mencapai 50 hektare.

"Pantauan kami, seluruh lahan gambut di Banjarbaru yang tersebar empat lokasi sudah terbakar dengan luasan lahan seluruhnya mencapai 50 hektare," ujar Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Color Run 2018, Jadi Pahlawan dengan Lari Santai

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain menunjang gaya hidup sehat, aktivitas lari santai juga bisa menginspirasi masyarakat untuk menjadi pahlawan bagi orang di sekitar. Hal itu disampaikan Presiden Direktur PT bank CIMB niaga Tbk, Tigor M. Siahaan.

"Temanya 'Hero Tour' karena kita merasa pahlawan bukan hanya yang militer atau berantem, tapi pahlawan eksis di sekitar kita. Jadi kita bisa menjadi pahlawan terhadap keluarga, bagi kawan kerja, " ujar Tigor di acara The Color Run presented by CIMB niaga di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta pada Minggu (16/9/2018).

Tigor mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya lari lima kilometer, namun lebih dari itu. Menurutnya, dengan menerapkan gaya hidup sehat melalui olahraga dan menularkan semangat serta energi positif kepada orang lain, semua orang bisa menjadi pahlawan bagi orang lain, diri sendiri, dan lingkungan sekitar.

"Kita ingin terus mempromosikan hidup sehat yang seimbang bukan hanya kerja terus. Tapi juga kita bisa seimbang antara keluarga, bekerja, dan juga masyarakat serta animo terhadap kesehatan, " tambah Tigor.

The Color Run presented by CIMB Niaga ini merupakan yang kelima kalinya diadakan. Sekitar 13 ribu orang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Tigor mengatakan, antusiasme peserta yang begitu besar itu juga masih terpengaruh dari euforia Asian Games 2018 yang baru usai beberapa waktu lalu.

Dalam acara tersebut, CIMB Niaga juga berbagi kebahagiaan dengan mengajak para pelari difabel. Hal ini merupakan simbol bagi inklusivitas kegiatan tersebut. "Kita menganggap bahwa even ini inklusif untuk semua kalangan peserta. Dari golongan manapun dari tempat manapun kita sangat inklusif sangat terbuka, " tambah Tigor.

Selain mengajak serta para difabel, donasi sebesar Rp125 juta diberikan kepada Yayasan Thalassaemia Indonesia. Donasi ity akan digunakan untuk membeli alat pompa suntik bagi para penderita sekaligus kampanye di kalangan anak dan remaja.

Donasi juga diberikan pada Palang Merah Indonesia untuk perbaikan fasilitas kesehatan dan pengadaan air bersih (Program WASH). Donasi ini merupakan pengumpulan dana bantuan yang berasal dari dana CSR serta bantuan masyarakat melalui rekening CIMB niaga Peduli Gempa Lombok. Tahun, ini para peserta lari juga dimanjakan dengan berbagai wahana permainan seru di area Festival.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manchester City Harap-harap Cemas Menanti Kondisi Aguero

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester City Josep Guardiola memastikan bahwa Sergio Aguero mengalami cedera pada pergelangan kaki. Namun, ia berharap cedera yang dialami sang pemain tidak parah.

Aguero mengalami cedera saat City mengalahkan Fulham dalam lanjutan Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (15/09) malam WIB. Dalam pertandingan tersebut, City menang dengan skor 3-0. 

Aguero bermain sejak menit awal saat melawan Fulham. Akan tetapi, bomber Argentina itu harus ditarik keluar pada menit ke-57 karena cedera dan digantikan Gabriel Jesus.

Cedera itu membuat Aguero diragukan tampil dalam pertandingan di Liga Champions melawan Lyon. Namun, Aguero akan menjalani pemeriksaan untuk mengetahui seberapa parah cederanya.

"Ada sesuatu di pergelangan kakinya. Dia melompat untuk menyundul umpan dan ketika jatuh, dia merasakan sesuatu," kata Guardiola kepada Sky Sports.

"Dia mengakhiri babak pertama dan memulai babak kedua dengan sedikit rasa tidak nyaman.

"Dia bisa saja terus bermain tetapi karena kami sudah menang 3-0, kami tidak ingin mengambil risiko. Kami lihat saja besok (apakah dia bisa bermain pada hari Rabu)."

Mendy

Pelatih Pep Guardiola (kiri), memperkenalkan Benjamin Mendy (tengah) sebagai penggawa baru Manchester City. (Twitter Manchester City)

Guardiola juga mengisyaratkan Benjamin Mendy bisa absen selama beberapa pekan. Mendy bermain untuk Prancis dalam jeda internasional baru-baru ini tapi harus menepi saat City mengalahkan Fulham.

"Kami tahu betapa pentingnya dia musim lalu dan sekarang dengan cedera Mendy - bisa beberapa minggu atau hari dan mungkin lebih lama, memiliki Fabian dengan kondisi fit sangat penting."

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Keputusan Bersama yang Tetapkan Pemberhentian PNS Terlibat Korupsi

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mendatangani kesepakatan bersama untuk mengambil tindakan tegas terhadap ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pelaku Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang sudah berketetapan hukum tetap (inkracht). Keputusan Bersama ini berlaku sejak ditandatangani, yaitu 13 September 2018.

Melansir laman Sekretariat Kabinet, Minggu (15/9/2018), kesepakatan itu dituangkan dalam Keputusan Bersama Mendagri, Menteri PANRB, dan Kepala BKN tertanggal 13 September 2018, dengan nomor 182/6597/SJ, Nomor 15 Tahun 2018, dan Nomor 153/KEP/2018 tentang Penegakan Hukum Terhadap PNS Yang Telah Dijatuhi Hukuman Berdasarkan Putusan Pengadilan Yang Berkekuatan Hukum Tetap Karena Melakukan Tindak Pidana Jabatan atau Tindak Pidana Kejahatan Yang Ada Hubungannya dengan Jabatan.

Keputusan Bersama itu dilakukan dalam rangka sinergitas dan koordinasi Kementrian/Lembaga dalam rangka penegakan hukum. Ini khususnya terkait penjatuhan sanksi berupa pemberhentian tidak dengan hormat sebagai PNS yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan.

Menurut Keputusan Bersama itu, penjatuhan sanksi berupa pemberhentian dengan tidak hormat sebagai PNS oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dan Pejabat Yang Berwenang (PYB).

Selain itu, juga ada penjatuhan sanksi kepada PPK dan PYB yang tidak melakukan penjatuhan sanksi memberhentikan tidak dengan hormat PNS yang telah dijatuhi hukuman berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana jabatan atau tindak pidana kejahatan yang ada hubungannya dengan jabatan.

"Penyelesaian ruang lingkup keputusan bersama ini paling lama bulan Desember 2018," bunyi diktum Ketiga Keputusan Bersama itu.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN) tercatat hingga kini masih 2.357 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pelaku tindak pidana korupsi (tipikor) yang sudah berstatus inkracht namun masih tetap aktif bekerja.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.917 merupakan PNS yang bekerja di Pemerintah Kabupaten/Kota, 342 PNS bekerja di Pemerintah Provinsi, dan sisanya 98 PNS bekerja di Kementerian/Lembaga di wilayah Pusat," kata Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN, I Nyoman Arsa.

1.917 PNS Terpidana Korupsi Masih Aktif Bekerja di Pemerintah Daerah

PNS Pekanbaru bolak-balik penjara karena korupsi.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menginformasikan hingga kini masih ada 2.357 Pegawai Negeri Sipil (PNS) pelaku tindak pidana korupsi (tipikor) yang sudah berstatus inkracht namun masih tetap aktif bekerja.

"Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.917 merupakan PNS yang bekerja di Pemerintah Kabupaten/Kota, 342 PNS bekerja di Pemerintah Provinsi, dan sisanya 98 PNS bekerja di Kementerian/Lembaga di wilayah Pusat," kata Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN, I Nyoman Arsa, seperti dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Jumat (14/9/2018).

BKN mendesak kepada Pemerintah Kabupaten/Kota, Pemerintah Provinsi, dan K/L yang masih mempekerjakan PNS Tipikor inkracht membuat langkah tegas. Ini agar ada penambahan signifikan tentang yang diberhentikan tidak dengan hormat dari birokrasi mengingat yang dilakukan PNS tersebut jelas-jelas merugikan negara.

Terkait PNS yang dalam tuntutan primer tidak terbukti melakukan tindak pidana korupsi namun dalam tuntutan subsider dinyatakan terbukti, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN itu menegaskan, baik terbukti primer maupun terbukti subsider PNS tersebut harus diberhentikan dengan tidak hormat.

"Sesuai Pasal 252 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 maka pemberhentian terhitung mulai akhir bulan putusan inkracht (berlaku surut)," tegas Nyoman Arsa.

BKN sendiri, lanjut Nyoman Arsa, telah melakukan pemblokiran data PNS tindak pidana korupsi yang sudah memiliki keputusan inkracht. Hal ini dilakukan dalam rangka pembinaan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan mencegah kerugian Negara yang lebih besar.

Selain itu, BKN telah mengirimkan surat kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat maupun daerah untuk mentaati pelaksanaan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, khususnya Pasal 87 ayat (4) huruf b.

Mengenai pengembalian gaji PNS yang harus diberhentikan, Deputi Bidang Pengawasan dan Pengendalian BKN I Nyoman Arsa mengatakan, yang harus menanggung pengembalian gaji dan tunjangan jabatan yang telah dibayarkan terhadap PNS Tipikor adalah PNS itu sendiri atau PPK yang mengaktifkan kembali (instansinya).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Warga Surabaya Penasaran Dengan Destinasi Pariwisata Danau Toba

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Acara Penjualan Destinasi Pariwisata Danau Toba di Ballroom Ciputra World Hotel Surabaya, Jumat (14/9), kebanjiran pertanyaan. Hanya dalam hitungan menit, banyak yang minta sharing info. Cari data. Sampai request harga spesial. Nyaris tak ada buyers potensial Surabaya yang diam. Ballroom Ciputra World Hotel langsung heboh luar biasa.

"Seru sekali. Rata-rata mengumpulkan info seperti itu. Banyak yang antusias. Jadi, banyak pilihan dan semuanya indah," tutur Ketua PHRI Sumut Denny S Wardhana, Jumat (14/9).

Dia memang tak asal bicara. Tengah pulaunya saja terdapat sebuah pulau yang luasnya hampir sama dengan luas negara Singapura. Danaunya juga memiliki ukuran yang sangat luas. Bahkan sampai dinobatkan sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Sedang kalau danau non vulkanik, Danau Toba nomor dua di dunia, setelah Danau Victoria di Afrika. Danau ini juga menjadi salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman di atas 450 meter.

"Selain Samosir, Toba juga punya Parapat, Pulau Sibandang, Pusuk Buhit, juga Tongging yang punya Air terjun Sipiso-Piso. Yang gemar memancing bisa ke Bakara. Masih ada banyak lokasi lain, tetapi setidaknya itu bisa memberi gambaran indahnya kawasan Danau Toba di Sumatera Utara," paparnya.

Para sellers yang terdiri dari 15 travel agent dan 15 industri hotel itu memang tengah mencari klien baru. Mencari pelanggan baru. Metworking baru. Semua yang hadir diarahkan untuk berwisata ke Toba dan sekitarnya. Hasilnya? Paket 4 hari 3 malam mulai banyak dicari.

"Itu paket yang paling ideal. Hari pertama bisa ambil rute bandara-Huta Ginjang-Parapat-Samosir. Besoknya Parapat-Simarjarunjung-Berastagi, Setelahnya bisa Berastagi Tour-Kota Medan. Baru di hari terakhir belanja oleh-oleh dan persiapan pulang ke bandara," timpal Puguh Adrianto, GM Niagara Hotel Parapat.

Mau cari paket untuk grup atau keluarga juga bisa. Tinggal pilih mana aktivitas yang disuka. Mau hunting water sport? Flying Fox? Semua ada. Atau mau cari kopi kelas dunia? Yang punya kualitas ekspor? Punya udara dingin? Pilihannya ada tiga. Ada Kopi Sidikalang, Kopi Tarutung, serta Kopi Lintong.

Udaranya dijamin sejuk, menusuk hingga batas kulit ari. Sangat asri, nyaman dan hijau. Pengunjung bisa trekking, melihat proses pembuatan kopi, dari penjemuran, lalu digoreng (sangrai), atau roasting, tanpa minyak, hingga biji kopinya warna cokelat.

"Liburan ke Toba itu banyak serunya. Lokasinya sangat ideal. Tidak jauh dari bandara di Silangit. Tiap hari ada penerbangan ke Kuala Lumpur serta Jakarta. Untuk pasar Surabaya juga sangat oke. Sekarang malah sudah ada direct flight dari Surabaya ke Kualanamu," timpal Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Masruroh.

Menteri Pariwisata Arief Yahya malah lebih terkesima lagi. Menurutnya, Danau Toba Itu keren, beken dan paten. Destinasinya harus menjadi pilihan dalam libur lebaran akhir tahun. "Atraksi di Toba sangat kuat. Danau Toba memiliki alam yang indah, historis kaldera yang kuat, bekas ledakan dahsyat ribuan tahun silam. Alam atau naturenya sendiri sudah memikat," kata Arief Yahya.

Bukan hanya itu, culture atau budayanya juga sangat kaya dan berkarakter. Seperti halnya Bali yang kaya akan budaya, Toba dengan budaya Bataknya juga sangat kuat mengakar."Itu adalah kekuatan lain di Toba. Budaya itu semakin dilestarikan, semakin mensejahterakan. Jadi silakan ke Toba. Teman-teman netizen juga silakan memposting suasana di sekitar Toba yang asyik-asyik. Silakan capture Tomok, Bukit Holbung, Air Terjun Sipiso-Piso, juga spot lain yang asyik," ujar Arief Yahya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dicatut Akun Prostitusi, Dinar Candy Sewot Dihargai Rp 80 Juta

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Disc jockey (DJ) Dinar Candy melapor ke Polda Metro Jaya. Ia merasa kesal karena wajahnya terpampang dalam sebuah akun prostitusi online. Parahnya, akun tersebut memajang tarif Rp 80 juta untuk dapat berkencan dengan Dinar Candy.

"Dia bilang, ini Dinar Candy DJ yang lagi naik Daun dihargai Rp 80 juta selama lima jam. Enggak-lah itu kerja rodi banget, enggak pernah kayak gitu juga," kata Dinar Candy saat di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dinar Candy telah melaporkan pencatutan nama ini ke polisi. Dia merasa nama baiknya telah dicoreng oleh akun tersebut.

"Makanya kemarin Dinar ditanya kayak begini benar enggak? Kamu harus segera klarifikasi, kalau enggak, kita enggak bisa kerja sama sama kamu lagi. Makanya Dinar segera hubungi lawyer Henry Indraguna buat masalah ini," ujar Dinar Candy.

 

Simak juga video berikut ini:

Akun Bodong

Disk Jocky (DJ) Dinar Candy yang dikenal sering tampil seksi melunasi janjinya untuk melepas baju di jalan raya. Aksi nekad DJ yang sering tampil seksi dilakukan saat tim jagoannya menang. (instagram/dinar_candy)

Sementara itu, Henry Indraguna mengatakan bahwa pencatutan ini bisa memengaruhi pekerjaan Dinar.

"Jadi itu merugikan klien kami juga, merusak mata pencahariannya. Ya kita doakan saja ini bukan akun bodong, jadi bisa ditelusurui," kata Henry.

Pencemaran Nama Baik

Dinar Candy

Sementara itu Henry mengatakan pemilik akun @amoy_0_ dilaporkan atas pencemaran nama baik lewat media elektronik. Terlapor bisa dikenai Pasal 27 ayat (3) jo Pasal 45 ayat (1) UU RI No 19 Tahun 2016 perubahan atas UU RI No. 11 Tahun 2008 Tentang ITE dengan ancaman hukuman enam tahun penjara. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Kisah Pemuda Tewas karena Lindungi Sang Ibu

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak yang sudah beranjak dewasa memang sudah seharusnya melindungi orangtua dari marabahaya. Hal ini yang dilakukan oleh pemuda asal China yang harus meregang nyawa usai ditusuk perampok karena lindungi sang ibu.

Insiden memilukan itu terjadi pada pasar di wilayah Wuji, provinsi Hebei. Sang ibu yang tidak diungkap namanya itu mengajak putranya untuk mengantarnya ke pasar. Sayang, insiden nahas ini harus dialami anaknya.

Artikel tentang pemuda yang tewas ditusuk perampok karena lindungi sang ibu menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni paspor yang hanya dimiliki orang super kaya di dunia. Sedangkan artikel 7 letak tahi lalat yang bisa ungkap kondisi keuangan menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Pilu, Pemuda Tewas Ditusuk Perampok karena Lindungi Ibunya

(Foto: YouTube / 澎湃新闻 via Nextshark)

Seorang pemuda tewas tertusuk setelah berusaha melindungi ibunya dari pencuri. Diketahui pemuda 23 tahun itu mengantar ibunya berbelanja di pasar utara Tiongkok pada Sabtu (8/9/2019) lalu.

Insiden memilukan itu terjadi pada pasar di wilayah Wuji, provinsi Hebei. Sang ibu yang tidak diungkap namanya itu mengajak putranya untuk mengantarnya ke pasar.

Hal itu diminta sang ibu karena ia mengeluh pernah kecopetan dompet sebelum insiden tragis ini terjadi. Sang ibu mengira bahwa komplotan pencuri hanya mengincar wanita saja, oleh sebab itu ia membawa putranya.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Paspor Paling Sakti di Dunia, Cuma Orang Super Kaya yang Bisa Punya

Ilustrasi Foto Paspor  (iStockphoto)

Tiap negara memiliki aturan yang berbeda dalam sistem kewarganegaraan mereka. Bahkan, ada negara yang menganut sistem kewarganegaraan ganda. Dengan ini, turis dapat berkesempatan bepergian ke belahan bumi manapun karena punya 2 paspor.

Banyak yang mengincar negara yang memberlakukan paspor ganda. Salah satunya adalah negara Malta.

Negara ini memberikan banyak manfaat bagi pemegang paspornya. Misalnya, bebas visa ke 182 negara, berhak tinggal di sana, serta bekerja dan belajar di negara-negara Uni Eropa dan Swiss.

Selengkapnya...

3. 7 Letak Tahi Lalat di Tubuh Tunjukkan Kondisi Keuanganmu

Ilustrasi Foto Tahi Lalat (iStockphoto)

Tahi lalat menjadi tanda lahir yang dimiliki setiap orang. Namun, posisi tahi lalat di setiap individu tentu berbeda. Nah, ternyata posisi tahi lalat di tubuhnya memiliki arti kesehatan dan keberuntunganmu lo. Selain itu, beberapa posisi tahi lalat bisa menunjukkan kondisi keuangan.

Nah, penasaran apa saja posisi tahi lalat yang diyakini jadi penanda seseorang akan mengalami krisis keuangan? Dilansir dari Boldsky, berikut tujuh posisi tahi lalat di anggota tubuh yang bisa menandakan seseorang berpotensi bangkrut.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Ma Ungkap Tahapan Usia Paling Ideal untuk Raih Kesuksesan

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jack Ma akhirnya mantap akan pensiun dari Alibaba pada tahun depan.  Jack Ma pergi dari perusahaan yang ia dirikan saat ia nanti berusia 55 tahun.

Jack Ma sendiri mengaku, kepergiannya ini sesuai dengan kata hati dan nasihat yang pernah ia berikan beberapa waktu lalu.

Ya, salah satu orang terkaya di Tiongkok tersebut memang selalu memberikan petuah untuk mencapai kesuksesan.

Salah satu nasihat yang paling sering ia lontarkan adalah, nasihat soal tahapan usia yang harus dilakukan anak muda agar mereka bisa berhasil.

"Ketika kamu berusia 20-30 tahun, kamu harus bekerja dan memiliki petinggi yang baik. Kamu juga harus bergabung di perusahaan yang bagus untuk belajar," kata Jack Ma seperti dikutip CNBC, Minggu (16/9/2018). 

"Nah, ketika berusia 30-40 tahun, kalau kamu ingin melakukan sesuatu dengan sendirian, lakukan saja. Toh, kamu masih bisa menanggungnya kalau kalah dan gagal," tambah pria yang sempat bekerja sebagai guru Bahasa Inggris ini. 

Setelah melewati fase umur itu, Jack Ma menyarankan agar kita semua mulai mementingkan kestabilan hidup, apalagi dalam keluarga dan masa depan.

"Kalau sudah di usia 40-50 tahun, saran saya adalah kalian bisa melakukan sesuatu yang baik di bidang kalian. Kalau sudah 50-60 tahun, barulah habiskan waktu melatih dan mengembangkan generasi muda. Dan kalau sudah 60 tahun ke atas, sudah, nikmati saja hidup dengan cucu kalian," lanjutnya.

 

Setelah Pensiun dari Alibaba, Jack Ma Ingin Kembali Mengajar

Ekspresi pendiri dan ketua eksekutif Alibaba Group, Jack Ma saat menyanyikan sebuah lagu dalam Festival Musik Yunqi di Hangzhou, China (11/10). Festival ini merupakan bagian dari Konferensi Komputasi di Kota Yunqi. (AFP Photo/STR/China Out)

Salah satu orang terkaya di Tiongkok, Jack Ma, mengungkap rencana setelah pensiun dari Alibaba Group Holding Ltd.

Sudah banyak yang tahu kalau Alibaba merupakan perusahaan yang didirikan Jack Ma dari nol dan kini telah berevolusi menjadi raksasa e-Commerce Tiongkok.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg TV, bos Alibaba ini mengatakan, saat ini dirinya banyak mendedikasikan waktu dan hartanya untuk amal.

Bahkan, Jack Ma yang beberapa waktu lalu ikut berperan dalam pesta penutupan Asian Games 2018 mendirikan sebuah yayasan di bawah namanya yang fokus ke bidang edukasi. Langkah yang sama juga sebelumnya dilakukan oleh miliarder dunia Bill Gates.

Jack Ma yang tahun ini berusia 54 tahun memiliki total kekayaan sebesar USD 40 miliar (setara Rp 595 triliun).

Pada 2013, Jack Ma mundur dari posisinya sebagai CEO Alibaba. Mantan guru Bahasa Inggris ini tetap dikenal sebagai bos Alibaba yang nilai pasar perusahaannya sebesar USD 400 miliar.

"Banyak hal yang saya pelajari dari Bill Gates. Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi hal lain yang bisa saya lakukan adalah pensiun lebih dini," kata Jack Ma sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Bloomberg. 

Lantas, apa rencana Jack Ma setelah pensiun dari bisnisnya? Rupanya, pria yang baru berkunjung ke Indonesia ini ingin kembali mengajar.

"Saya pikir, suatu hari nanti, sesegera mungkin saya ingin kembali mengajar. Ini adalah sesuatu yang menurut saya bisa saya lakukan lebih baik ketimbang menjadi CEO Alibaba," tutur Jack Ma.

Jack Ma yang Fokus Pada Pendidikan

(ki-ka) Menkominfo Rudiantara bersama Jack Ma, Founder & Executive Chairman Alibaba Group. (Doc: Kemkominfo)

Saat ditanya apakah Jack Ma akan pensiun dan mulai mengajar tahun ini, dia hanya tersenyum.

Keinginan Jack Ma untuk kembali menjadi pengajar tidak terlepas dari kepribadiannya yang memang fokus pada pendidikan.

Buat Jack Ma, pendidikan merupakan hal yang penting bagi dirinya. Sadar pentingnya pendidikan, Jack Ma tidak menyerah meski pernah dua kali gagal mengikuti ujian masuk universitas negeri di Tiongkok.

"Saya tidak pernah dianggap sebagai salah satu murid terbaik, namun saya terus belajar tiap waktu. Saya ingin menyumbangkan waktu saja untuk mengajar," kata Jack Ma.

Dalam sebuah wawancara, Jack Ma juga tidak menyebut akan ke mana hartanya diberikan setelah dirinya pensiun.

"Kamu akan segera tahu. Saya tengah mempersiapkan Jack Ma Foundation. Semua ini sudah saya persiapkan selama 10 tahun terakhir," kata Jack Ma.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Jiwa dan Kerusakan Terus Bertambah di Filipina Akibat Topan Mangkhut

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manila - Otoritas di Filipina masih terus menghitung jumlah korban jiwa dan kerugian ekonomi akibat Topan Mangkhut, yang menghantam bagian utara Pulau Luzon --pulau utama di negara itu-- pada Sabtu 17 September 2018.

Disebutkan bahwa sedikitnya 14 orang tewas, namun karena banyak akses jalan yang terblokir, diperkirakan dampak sebenarnya bisa lebih besar. Selain itu, kerusakan lahan yang luas dikhawatirkan terjadi di provinsi Cagayan, yang merupakan salah satu lumbung pertanian nasional Filipina.

Dikutip dari BBC pada Minggu (16/9/2018), badai yang membawa serta hujan deras sepanjang 900 kilometer dan angin kencang itu, kini mengarah ke barat laut, melewati Laut China selatan, sebagian Hong Kong, dan kemungkinan besar mendarat di Tiongkok Selatan.

Topan Mangkhut dilaporkan membuat pendaratan utamanya di kota Baggao, di timur laut Pulau Luzon, pada hari Sabtu sekitar pukul 01:40 waktu setempat, dan baru benar-benar menghilang hampir 20 jam setelahnya.

Awalnya topan super itu diperkirakan menjadi badai terkuat di tahun 2018, namun kehilangan sebagian kekuatannya saat menyentuh daratan. Sebanyak lima juta orang berada di wilayah dilewati oleh jalur badai ini, dan sebagain besar dari mereka telah mengungsi di beberapa lokasi penampungan sementara yang aman.

Hampir semua bangunan di kota Tuguegarao, ibukota provinsi Cagayan, dilaporkan rusak parah, namun belum ada informasi tambahan mengenai korban jiwa dan luka.

Francis Tolentino, penasihat politik untuk Presiden Rodrigo Duterte, mengatakan turut terjadi kerusakan lahan pertanian yang cukup luas di provinsi Cagayan.

Ia memperkirakan hanya seperlima hasil panen yang berhasil diselamatkan, sehingga hal itu mengancam pasokan bahan pangan pokok di Filipina, seperti beras dan jagung.

Sementara itu, menurut ketua Palang Merah Filipina, Richard Gordon, negara trsebut belum aman dari bahaya. Ia berkata: "Setelah angin disertai hujan, kini kamu harus menghadapi risiko banjir yang membuat terputusnya banyak akses jalan."

Ditambahkan oleh Gordon bahwa Filipina sejatinya rutin mengalami musim topan, namun jarang sekali hingga yang berkekuatan seperti Mangkhut.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Hong Kong Bersiaga

Pengendara motor menerjang hujan dan angin kencang yang dibawa Topan Mangkhut di Manila, Filipina (15/9). Topan Mangkhut menghantam pantai timur laut Filipina pada Sabtu pagi menghancurkan sebagian wilayah di negara tersebut. (AP Photo/Bullit Marquez)

Hantaman Topan Mangkhut terjadi pada Sabtu itu disebut membangkitkan memori tentang bencana alam mematikan yang menjadi rekor nasional, Topan Super Haiyan, di mana menewaskan lebih dari 7.000 orang pada tahun 2013.

Namun, prosedur persiapan dan evakuasi telah diperbaiki sejak saat itu, seperti peringatan dikeluarkan lebih dini, perjalanan dibatasi, sekolah ditutup dan tentara diwajibkan bersiaga terlebih dahulu.

Di lain pihak, Topan Mangkhut disebut masih memiliki kekuatan besar dalam perjalanan menuju China Selatan, di mana kecepaatn anginnya diperkirakan mencapai 145 kilometer per jam.

Topan Mangkhut diperkirakan akan melewati Hong Kong --tetapi tidak sepenuhnya melintas-- sekitar pukul 16.00 waktu setempat pada Minggu ini

Pihak berwenang di sana telah meningkatkan tingkat peringatan mereka ke sinyal sembilan, yang berarti warga harus tinggal di dalam rumah untuk menghindari puing-puing berterbangan.

Antoine Li, seorang pejabat pemerintah di sebuah pusat darurat di desa nelayan Tai O di Pulau Lantau Hong Kong, mengatakan warga tidak boleh meremehkan badai itu.

Sebagian besar toko dan layanan publik tutup di Hong Kong, dan lebih dari 500 penerbangan telah dibatalkan di bandara internasionalnya.

Topan Mangkhut diperkirakan akan melemah menjadi depresi tropis pada hari Selasa mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bintang Crazy Rich Asians, Gemma Chan Pakai Baju Karya Desainer Asia

Posted: 15 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selain memperkenalkan film terbarunya, bintang Crazy Rich Asians, Gemma Chan juga ikut mempromosikan karya-karya desainer asal Asia. Hal ini terlihat dari penampilannya pada setiap gala premiere film yang stylish dalam balutan busana rancangan desainer Asia berbakat.

Film Crazy Rich Asians berhasil mencuri perhatian dunia dengan kisahnya yang ringan dan menghibur. Gemma Chan berkeliling ke beberapa benua mulai dari Amerika, Eropa, Australia, dan Asia dengan menggunakan brand fashion lokal Asia yang tidak kalah indahnya.

Bagi Anda yang penasaran seperti apa penampilan bintang utama Crazy Rich Asians ini tampil menggunakan koleksi busana dari desainer Asia, berikut penampilan Gemma Chan yang mempromosikan desainer Asia ke panggung dunia lewat filmnya, seperti dilansir dari situs Glamour, Sabtu (15/9/2018).

1. Prabal Gurung

 
 
 
View this post on Instagram

Having a Marilyn moment in this beautiful dress by @prabalgurung. Singapore born, Kathmandu raised Prabal is a Nepalese-American designer and activist based in NYC. Known for speaking out on issues of race, privilege and prejudice, he has been described as a public conscience of the fashion industry. In his words: "I know what it's like to turn the pages of a magazine and not see anyone like you. It takes a lot of talking to yourself to confirm your self worth". It's encouraging that people like Prabal are trying to change fashion from within to become more inclusive - not just in terms of race but also gender, sexuality, size, age and other beauty standards too. Thank you for your continuing work and support 💙 #crazyrichasians #presstour #prabalgurung

A post shared by Gemma Chan (@gemma_chan) on

Gemma tampil memukau dalam balutan gaun biru rancangan desainer kelahiran Singapura, berdarah Nepal-Amerika, yang berbasis di New York. Desainer kelahiran Asia ini memiliki nilai-nilai dalam setiap koleksinya personal seperti gender, sexuality, size, usia, dan standar kecantikan. Prabal Gurung memiliki tempat tersendiri di dunia fashion yang tentunya membawa nama baik desainer asal Asia di dunia.

 

Adeam

2. Adeam

Adeam merupakan brand fashion dari desainer kelahiran Tokyo, Jepang dan besar di New York, Hanako Maeda. Dua kota ini menjadi inspirasi dalam setiap karya-karya busananya. Terlihat pada busana Adeam yang digunakan Gemma Chan, dengan desain kimono namun dengan sentuhan modern dan urban berbagaya kota New York.

 

Jason Wu

3. Jason Wu

Jason Wu juga merupakan desainer favorit Gemma Chan. Bintang Crazy Rich Asians ini tampil feminin dalam balutan gaun biru rancangan Jason. Karir Jason Wu terbilang sukses di New York tempat kediamannya saat ini. Yang terbaru, karya desainer berdarah Taiwan-Kanada ini dipakai oleh The Duchess of Sussex, Meghan Markle. Jason Wu hadir sebagai salah satu desainer asal Asia yang berhasil mendapatkan tempat di industri mode dunia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadiri Pembekalan Caleg PAN, Prabowo Disambut Dukungan Jadi Presiden

Posted: 15 Sep 2018 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto menghadiri Workshop Nasional pembekalan Caleg Partai Amanat Nasional (PAN) di Hotel Grand Paragon, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Prabowo tiba sekitar pukul 10.30. Mengenakan baju biru muda dan peci, ia langsung disambut teriakan para kader PAN. "Prabowo Presiden," teriak para kader PAN menyambut Prabowo.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan pada sambutannya di depan Prabowo menyampaikan, kader PAN siap bertempur habis-habisan memenangkan Prabowo-Sandiaga.

"Saudara di daerah harga turun apa naik? Kalau naik rakyat senang apa susah? Kalau susah lanjut apa ganti (presiden)? ganti," kata Zulkifli.

"Tak ada jalan lain, kita bertempur habis- habisan Prabowo- Sandi 2019. Ini isyarat alam Gerindra Nomor 2, PAN 12 jadi 212," tambahnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini 

Persiapan 2019

Sementara itu, Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan pembekalan 2500 kader PAN hari ini bertujuan untuk mempersiapkan mereka bertarung di tahun 2019 mendatang.

"Sifatnya ini pembekalan kader internal agar mereka siap tarung, siap tempur sosialiasi. Tarung gagasan dalam ini ya untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat," kata Edy

PAN menargetkan suara yang diperoleh pada Pemilu mendatang minimal 10 persen.

"PAN selama ini konsisten di posisi lima. Memang perolehan suara PAN itu antara 9-10 juta jadi antara 7,5-8 persen. Pemilu ini kita tagret double gidit dan itu sangat memungkinkan dan realistis," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko Hingga Anies Baswedan Hadiri Deklarasi Pencegahan Stunting

Posted: 15 Sep 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 5000 peserta turut meramaikan Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di kawasan Monas, Jakarta pada Minggu (16/8/2018).

Mereka bersama-sama dengan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Gubernur Yogyakarta Paku Alam X mendeklarasikan komitmen nasional pencegahan stunting.

Deklarasi pencegahan stunting ini dilakukan secara simbolis dengan menempelkan gambar telapak tangan di atas kanvas oleh para pejabat yang hadir.

Ribuan peserta ini berasal dari berbagai kalangan, di antaranya TPP-PKK DKI Jakarta, Kader Posyandu DKI Jakarta, tutor PAUD DKI Jakarta, Persit Kartika Chandra Kirana, Pia Ardhya Garini, Jalasenastri, dan pegawai Kementerian Kesehatan.

Selain itu, dukungan juga mengalir dari Bhayangkari mahasiswa program gizi di sekitar DKI Jakarta, dan pesepeda Bike to Work (B2W).

Seratus pesepeda anggota B2W memulai rangkaian acara dengan bersepeda dan jalan sehat dari FX Senayan menuju Bundaran Hotel Indonesia hingga ke Monas.

 

Beragam Kegiatan

Sementara itu, di area Monas, ribuan peserta melakukan senam aerobik bersama yang dipimpin oleh instruktur senam.

Selain itu para peserta dan masyarakat luas juga bisa menikmati musik dan mengikuti talkshow seputar stunting. Masyarakat juga bisa mendapatkan edukasi dan konsultasi tentang gizi di booth Nutrition Center.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skuat Persija Tak Lengkap untuk Lawan PSIS, Teco Santai

Posted: 15 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta bakal menghadapi PSIS Semarang tanpa skuat lengkap pada Selasa (18/9/2018) di Stadion Sultan Agung Bantul, Yogyakarta dalam lanjutan kompetisi GO Jek Liga 1 2018 bersama Bukalapak.

Rezaldi Hehanusa dan Sandi Darma Sute absen karena akumulasi kartu. Meski demikian, Pelatih Persija, Stefano Teco Cugurra, tidak cemas.

Tanpa Rezaldi dan Sandi memang dianggap kerugian bagi Persija, mengingat keduanya merupakan pemain. Namun, Teco menilai permainan anak-anak asuhannya tidak terpengaruh.

Teco percaya pemain pengganti bisa menjalankan tugas mereka dengan baik. Apalagi, pelatih berpaspor Brasil ini merasa skuat skuat Persija cukup merata.

"Ya sangat merugikan kehilangan kedua pemain, itu karena mereka pemain inti dan bisa bantu banyak tim. Tapi sekarang keduanya punya akumulasi kartu tidak bisa bantu harus ada yang bisa menggantikan perannya," kata Teco, seperti dilansir situs resmi Persija.

Percaya Diri

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, saat latihan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Saya pikir waktu pemain lebih komplet tim akan lebih kuat. Tapi Seperti lawan Borneo kemarin, kami kehilangan tiga pemain inti, tapi kami bisa menutup pemain dan bisa menang," tambahnya.

kepercayaan diri para pemain Persija juga sedang sangat bagus usai memetik kemenangan atas Borneo FC. Kemenangan itu dinilai membuat mental bertanding Ismed Sofyan dan kawan-kawan di atas angin.

Lebih Senang

"Kemarin kami bisa menang lawan Borneo di menit terakhir, pemain terlihat lebih senang. Para pemain berpikir hasil seri dan tidak bisa menang, saya lihat semuanya senang dengan hasil tersebut," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pemerintah Kampanyekan Pencegahan Stunting

Posted: 15 Sep 2018 08:45 PM PDT

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Jakarta, Minggu (16/9).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Jakarta, Minggu (16/9). "Cegah Stunting untuk Generasi Cerdas Indonesia" menjadi tema gerakan nasional ini. (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan saat peresmian Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (16/9). (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberi sambutan saat peresmian Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (16/9). (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Jakarta, Minggu (16/9). Stunting merupakan penyakit gizi kronis. Penyebabnya kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang. (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Jakarta, Minggu (16/9). Stunting merupakan penyakit gizi kronis. Penyebabnya kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang. (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Jakarta, Minggu (16/9). Stunting menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di Jakarta, Minggu (16/9). Stunting menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. (Liputan6.com/Pool/Kepala Staf Kepresdinan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lawan Stunting, Moeldoko Minta Pertahanan Keluarga Diperkuat

Posted: 15 Sep 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko meminta seluruh keluarga di Indonesia untuk sama-sama bergerak melawan stunting. Menurutnya, pencegahan terjadinya stunting bisa dimulai dari memperkuat pertahanan keluarga.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak usia bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupannya. Stunting menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

"Kalau keluarganya punya ketahanan yang bagus, maka ketahanan desa akan terbangun, ketahanan kabupaten, provinsi, dan nasional akan terbangun dengan baik," kata Moeldoko saat membuka Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (16/9/2018).

Ia mengatakan, bahwa periode rawan terjadinya stunting terjadi saat ibu-ibu hamil dan anak-anak yang baru berusia dua tahun.

Oleh sebab itu, ia meminta kepada seluruh keluarga di Indonesia agar memperhatikan gizi bagi ibu hamil dan anak balita.

"Kalau itu kita salah mengelolanya, maka anak-anak kita menjadi stunting," ucap Moeldoko.

 

Tak Kenal Kelas Sosial

Moeldoko mengatakan masalah stunting tak hanya terjadi pada anak dari keluarga miskin saja. Hal serupa juga bisa terjadi di keluarga yang dianggap mampu secara ekonomi.

"Stunting tidak hanya terjadi pada anak dari keluarga miskin. Stunting juga terjadi pada anak keluarga kaya, di kota maupun di desa," kata Moeldoko

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Menang atas Watford, Mourinho Puji De Gea

Posted: 15 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Manchester United (MU), Jose Mourinho memberikan sanjungannya kepada David De Gea. Mourinho menyebut De Gea telah menunjukan kualitasnya sebagai kiper top setelah melakukan penyelamatan krusial tadi malam.

De Gea sendiri masih mendapatkan kepercayaan Jose Mourinho. Ia ditugaskan untuk mengawal gawang setan merah saat mereka bertandang ke Vicarage Road, markas Watford tadi malam. 

Pada pertandingan tersebut, David De Gea tidak mampu mencatatkan clean sheets usai gawangnya dibobol Andre Gray di babak kedua. Namun kiper Timnas Spanyol itu melakukan sebuah penyelamatan krusial di masa injury time sehingga MU memenangkan laga tersebut dengan skor 2-1.

Mourinho sendiri merasa kagum dengan penyelamatan yang dilakukan oleh De Gea. "Dia [De Gea] hanya membuat satu penyelamatan, namun itu adalah penyelamatan yang fantastis," ujar Mourinho seperti yang dilansir halaman resmi United.

Mourinho menyebut bahwa penyelamatan yang dilakukan De Gea itu menegaskan bahwa sang kiper merupakan kiper kelas dunia.

"Kita semua tahu bagaimana seorang kiper yang membela tim-tim besar. Terkadang, di beberapa pertandingan dia sama sekali tidak menyentuh bola."

"Di pertandingan lainnya terkadang dia hanya melihat jalannya pertandingan. Namun seorang kiper top akan selalu ada untuk timnya di momen yang tepat."

Penentu

David De Gea  (AFP/Glyn Kirk)

Mourinho sendiri mengaku sangat senang karena De Gea berhasil melakukan penyelamatan gemilang tersebut.

Mourinho menyebut penyelamatan itulah yang membuat setan merah mampu mengamankan tiga poin di Vicarage Road tadi.

"Hari ini dia menunjukkan siapa dirinya di momen yang tepat. Ia melakukan penyelamatan yang penting di menit-menit akhir, dan itu sangat bagus untuknya dan juga untuk kami." tandas pelatih asal Portugal tersebut.

Mourinho sendiri mengaku sangat senang karena De Gea berhasil melakukan penyelamatan gemilang tersebut.

Mourinho menyebut penyelamatan itulah yang membuat setan merah mampu mengamankan tiga poin di Vicarage Road tadi.

"Hari ini dia menunjukkan siapa dirinya di momen yang tepat. Ia melakukan penyelamatan yang penting di menit-menit akhir, dan itu sangat bagus untuknya dan juga untuk kami." tandas pelatih asal Portugal tersebut.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Hari Ini: 8 Faktor yang Membuat Pasangan Anda Selingkuh

Posted: 15 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang tidak menyadari adanya kemungkinan pasangannya selingkuh, entah karena mereka takut atau karena terlalu percaya kepada satu sama lain. Satu hal yang perlu Anda ketahui, selingkuh bukan lagi hal yang tabu untuk dibicarakan. 

Artikel ini berhasil masuk dalam jajaran top 3 artikel di kanal Lifestyle Liputan6.com pada hari Minggu (16/9/2018) pagi bersama dengan dua artikel lainnya. Yuk kita simak artikel selengkapnya.

Penting, Ini 8 Faktor yang Membuat Pasangan Anda Selingkuh

Ternyata ada beberapa faktor yang bisa membuat pasangan Anda berani selingkuh. Penasaran apa saja? Simak artikel selengkapnya di sini.

Ternyata Perceraian Lebih Membuat Pria Stres, Ini 3 Alasannya

Ilustrasi Foto Putus Cinta (iStockphoto)

Walau tampak selalu santai, ternyata perceraian lebih membuat kaum pria stres daripada wanita. Kaum pria memiliki waktu yang lebih sulit untuk mengatasi perpisahan, terkait dengan hubungan pernikahan.

Menurut sebuah studi dari Journal of Men's Health, pria yang bercerai lebih rentan terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Selain itu, 39% lainnya lebih mungkin melakukan bunuh diri. Simak artikel selengkapnya di sini.

Seniman Lokal Makin Jadi Incaran Brand Dunia untuk Kolaborasi

G-Shock x Darbotz seri DW-5600BB

Familiar dengan mural dan grafiti monster bergigi besar yang ditemui di bangunan kosong atau pinggir jalan? lewat gambar "cumi" tersebut, sang seniman Darbotz sukses berkolaborasi dengan brand-brand dunia.

Terbaru, ia berkolaborasi dengan G-Shock yang sekaligus menjadi debut Casio menggandeng seniman Indonesia. Sebanyak 100 jam tangan terbatas seri DW-5600BB dengan strap yang dirancang Darbotz sudah dijual sejak Juni 2018 dan tinggal sisa beberapa buah lagi. Simak artikel selengkapnya di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dituduh Lakukan Penggelapan Uang, Kakak Jessica Iskandar Merasa Diperas

Posted: 15 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kakak Jessica Iskandar, Erick Iskandar, dituding melakukan penggelapan uang oleh rekan bisnisnya Martin Pratiwi sebesar Rp 400 juta. Terkait tuduhan tersebut, Erick Iskandar membantahnya.

Menurutnya Erick Iskandar, ia tak pernah menggelapkan uang seperti yang dituduhkan oleh rekan bisnisnya. Sebab hingga saat ini, ia tak pernah memegang uang sejumlah tersebut seperti yang dituduhkan.

Bahkan kakak Jessica Iskandar ini menduga ada unsur pemerasan dalam permasalahan ini.

"Saya menduga bahwa ini bagian dari upaya pemerasan, MP tidak mau rugi dalam menjalankan bisnis ini hanya ingin meraih keuntungan dan tidak mau menghiraukan biaya-biaya yang sudah saya keluarkan. Hanya mementingkan keuntungan dan uang balik," ujar Erick Iskandar saat ditemui di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, Sabtu (15/9/2018).

Mengaku Punya Bukti

Erick dan Jessica Iskandar. (Instagram/erickbanaiskandar)

Erick Iskandar mengaku punya bukti-bukti yang menguatkan bahwa dirinya tak melakukan yang dituduhkan oleh Martin Pratiwi.

"Saya siap diaudit untuk masalah ini karena semua laporan saya lengkap, uang penjualan dan barang ada. Tidak ada penipuan dan penggelapan dalam masalah ini," ujar Erick.

Merasa Dirugikan

Jessica Iskandar dan sang kakak, Erick. (via instagram/@bakmi.rn)

Atas pemberitaan ini, Erick merasa dirugikan dan nama baiknya tercemar. Sebab ia tak merasa melakukan apa yang dituduhkan oleh rekan bisnisnya itu.

"Saya merasa dirugikan dengan pemberitaan ini, karena saya tidak pernah melakukan semua tuduhan MP," kata Erick Iskandar.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koleksi Ulos Tua Langka Bakal Dipamerkan di Museum Tekstil Jakarta

Posted: 15 Sep 2018 08:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak mengenal Ulos? Kain tenun khas Batak yang menjadi khas batak ini, biasanya dipakai pada acara adat atau keagamaan. Nah, keindahan motif kain tenun Ulos, akan dipamerkan di Museum Tekstil, Jakarta, 20 September - 7 Oktober 2018. Barang yang ditampilkan adalah koleksi pribadi milik Devi Pandjaitan bersama Kerri Na Basaria.

Pameran ini adalah persembahan Yayasan Del dan Tobatenun, serta didukung Kementerian Pariwisata. Tema yang diusung adalah Ulos, Hangoluan, & Tondi. Rencananya, Menteri Pariwisata Arief Yahya akan membuka acara keren tersebut tanggal 19 September 2018.

Pameran merepresentasikan sebuah karya tenun yang menjadi simbol ikatan kasih sayang, restu dan persatuan dalam setiap tahapan kehidupan masyarakat Batak.

"Hangoluan yang berarti Kehidupan dan Tondi berarti Jiwa. Hal ini menggambarkan kain Ulos merupakan gambaran kehidupan dan jiwa masyarakat Batak," jelas Devi Pandjaitan, Jumat (14/9).

Ditambahkannya, pameran berkolaborasi dengan salah satu interior desainer muda Indonesia, Mita Lukardi. Yang artinya, pameran akan dikemas segar dan menarik. Kain-kain Ulos akan ditampilkan dalam berbagai bentuk instalasi dekor. Detailnya menceritakan tahapan kehidupan.

"Sangat diharapkan pameran dapat menarik minat anak muda untuk lebih menghargai budayanya. Salah satu instalasi modern yang ada di pameran adalah motif Ulos yang tertuang di anyaman rotan sepanjang 25 meter," tuturnya.

Kegiatan ini, dilakukan untuk melestarikan budaya. Selain itu untuk menanam rasa cinta terhadap kain tenun Ulos kepada generasi muda. Pameran ini juga ditujukan untuk memperkenalkan Ulos kepada masyarakat luas dan mendorong masyarakat untuk menggunakan kain bermotif Ulos dalam berbagai acara, seperti layaknya batik.

Sementara itu, Plt Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, NW Giri Adnyani mengatakan bahwa ulos lebih dari sekadar tradisi. Menurutnya, Ulos tidak mudah lekang karena panas dan tidak lapuk karena hujan.

"Ulos tidak hanya menyimpan tradisi Batak yang kental dan sarat makna, tapi juga prestise dari moderenisasi proses akulturasi," ujar Giri. Tidak hanya Indonesia, lanjut Giri, sejumlah museum dan universitas di Singapura, Amerika Serikat, Inggris, dan Belanda bahkan ikut melakukan kajian tentang ulos. Karena dianggap unik dan sangat tua.

"Karya seni ini dianggap memiliki makna yang tinggi. Dominasi warna hitam, merah, dan putihnya dinilai punya daya pikat. Warna merah melambangkan keberanian, putih melambangkan kesucian, dan hitam melambangkan kekuatan," tukasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai Ulos adalah kebanggan Indonesia. Bahkan, saat IMF Meeting di Washington DC beberapa waktu lalu, Ulos Harungguan dipakai oleh para Pemimpin Keuangan dari berbagai negara yang hadir di sana.

"Sudah pasti kita sangat bangga. Bayangkan, karya tangan-tangan terampil para penenun, bisa ter-ekspose di perhelatan penting keuangan dunia," paparnya.Menpar pun mengajak masyarakat untuk datang ke Museum Tekstil dan menyaksikan pameran ini.

"Kalau mau tau lebih dalam mengenai perjalanan sejarah pertenunan Ulos Batak yang sudah berusia puluhan tahun, ajak keluarga dan teman-teman untuk melihat kehebatan karya-karya dari para penenun. Kapan lagi bisa melihat koleksi Ulos Batak yang sudah berumur puluhan tahun di satu lokasi," ajak Menpar.

Menteri asal Banyuwangi ini menilai Ulos tidak mudah lekang dengan panas, dan tidak lapuk dari hujan. "Ulos, tidak hanya menyimpan tradisi Batak yang kental dan sarat makna," jelasnya.Ulos memang terlihat istimewa. Ditemukan fakta bahwa ulos merupakan suatu produk penting asal salah satu peradaban tertua di Asia. Usianya diperkirakan sudah 4.000 tahun. Ulos bahkan disebut-sebut telah ada jauh sebelum bangsa Eropa mengenal tekstil.

"Ulos juga disebut sebagai representasi dari semesta alam. Di masa lampau, perempuan-perempuan Batak bangga menenun, memakai, dan mewariskannya kepada keluarga sebagai suatu pusaka," tuturnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkes: Stunting Rugikan Perekenomian Indonesia

Posted: 15 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek mengatakan, kasus stunting sangat memengaruhi perekonomian Indonesia di masa depan.

"Berdasarkan pemetaan kasus stunting, yang tinggi ada di wilayah Indonesia Timur seperti NTB, dan Sulawesi Barat," ujar dia, Minggu (16/9/2018).

Stunting merupakan penyakit gizi kronis. Penyebabnya kurangnya asupan gizi memadai dalam jangka waktu panjang.

Persentase penderita stunting di Indonesia jumlahnya sekitar 37.2 persen. Artinya, dari 10 anak setidaknya ada 4 menderita stunting. Data itu diperoleh dari riset kesehatan dasar tahun 2013 silam.

Nila mengatakan, jika 4 dari 10 anak menderita stunting, pendidikannya pasti mengalami keterlambatan. Akibatnya anak tidak produktif sehingga bisa menjadi beban bangsa.

"Artinya kalau anak-anak kita tamat SD apa yang bisa dia lakukan. Berapa kerugian ekonominya," kata dia.

"Beda dengan satu anak pintar. Itu bisa mengembalikan 48 kali ekonomi jadi itu hubungannya," ucap dia.

Karenanya, pemerintah tengah berupaya menekan angka stunting. Salah satunya dengan melakukan kampanye cegah stunting.

 

Bukan Cuma Kemenkes

"Stunting ini sekarang bukan hanya tanggung jawab Kemenkes. Kami sudah buktikan kami melakukan intervensi sendirian gak berhasil. Karena itu Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) adalah lintas Kementerian dan lembaga terkait," tandas dia.

Penanganan masalah stunting berada di bawah koordinasi Presiden dan Wakil Presiden.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 13 Ribu Peserta The Color Run Warnai Jakarta

Posted: 15 Sep 2018 08:15 PM PDT

Seorang wanita saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang wanita saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mancanegara mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Warga mancanegara mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Para peserta mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). The Color Run Mengusung tema 'Hero Tour', mengajak dan mendorong masyarakat untuk hidup. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah wanita saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sejumlah wanita saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Seorang anak saat mengikuti lari santai The Color Run di kawasan komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (16/9). Sebanyak 13.000 peserta mengikuti The Color Run. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesut Ozil Tegaskan Punya Hubungan Baik dengan Manajer Arsenal

Posted: 15 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Gelandang Arsenal, Mesut Ozil akhirnya buka suara soal rumor negatif soal hubungannya dengan Unai Emery. Ozil menegaskan hubungannya dengan pelatih Arsenal itu baik-baik saja.

"Saya sangat senang bermain bagi Arsenal dan terutama untuk pelatih baru," kata Ozil seperti dilansir BBC.

Belakangan ini, Ozil terus diberitakan punya hubungan buruk dengan Emery. Media-media Inggris memberitakan, Emery tak puas dengan kinerja Ozil yang dinilai belum maksimal.

Rumor tidak sedap itu semakin santer terdengar terutama setelah Ozil absen saat Arsenal menang atas West Ham United dua pekan lalu. Absennya Ozil disinyalir karena penampilannya yang buruk.

Belakangan, Emery mengklarifikasi kalau Ozil absen karena sakit. Pelatih asal Spanyol ini juga menegaskan bakal membantu Ozil kembali ke performa terbaiknya.

 

Cetak Gol

Manajer Arsenal asal Spanyol, Unai Emery. (AFP/Glyn Kirk)

Di tengah rumor buruk itu, Ozil beruntung lantaran bisa mencetak gol di laga melawan Newcastle United, Sabtu (15/9/2018) malam tadi. Gol itu turut membantu Arsenal menang 2-1.

Ozil mengatakan, ia senang bisa membantu tim menang. Tak lupa, ia pun menyebut andil Emery dalam kemenangan itu.

"Dia tahu apa yang dia inginkan dan tim menerimanya. Kami punya hubungan yang baik. Kami mencetak gol dan kami senang, bahkan pemain yang tak bermain, kami semua adalah tim," kata Ozil mengakhiri.

Lima Pertandingan Arsenal berikutnya

Jumat (21/9/2018): Arsenal Vs Norskla

Minggu (23/9/2018): Arsenal Vs Everton

Kamis (27/9/2018): Arsenal Vs Brentford FC

Sabtu (29/9/2018): Arsenal Vs Watford

Kamis (4/10/2018): Qarabag Vs Arsenal

 

Saksikan video menarik di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Menghilangkan Stres Berat dan Berkepanjangan Untuk Pekerja Kantor serta Ibu Hamil dan Menyusui

Posted: 15 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kita melewati hari-hari dengan stres. BErbagai masalah yang ada di keluarga, pekerjaan, maupun lingkungan keseharian, sedikit banyak bisa memicu adanya stres yang kita rasakan.

Stres sendiri tak bisa kita sepelekan. Permasalahannya, stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, kerontokan rambut, serta penyakit kronis. Karena itu, jangan abaikan stres yang Anda rasakan. Segera cari tahu penyebab dan cara menghilangkan stres yang paling tepat.

Di bawah ini terdapat berbagai cara menghilangkan stres yang mudah dipraktikkan. Lakukan setiap hari untuk mengelola stres yang Anda alami akibat tekanan aktivitas. Seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Sabtu (15/9/2018) dari berbagai sumber, berikut ulasan cara menghilangkan stres.

Cara menghilangkan stres berat dan berkepanjangan

Stres berat dan berkepanjangan biasanya dipicu oleh penyebab yang konstan. Karena itu cara terbaik untuk mengatasinya adalah mengenali penyebab stres tersebut dan mengiliminasinya.

Walaupun begitu ada beberapa cara menghilangkan stres yang bisa diterapkan dengan rutin agar kesehatan mental selalu terjaga.

  1. Mencoba olahraga lari. Menurut hasil penelitian yang dilansir Health Me Up, olahraga lari bisa membantu memperbaiki mood, meningkatkan produksi endorphin (hormon bahagia), dan membantu menyalurkan pikiran-pikiran negatif dengan cara sehat.
  2. Belajar yoga. Teknik pernapasan dan meditasi dalam yoga sudah terbukti ampuh untuk memperbaiki mood bagi penderita stres dan depresi. Cobalah rutin yoga, minimal dengan pose-pose penangkal stres seperti sukhasana, child's pose, triangle pose, atau camel pose.
  3. Puasa gadget. Penelitian di University of California menemukan bahwa mengecek e-mail setiap saat mampu menyebabkan stres. Pengguna internet yang sangat aktif juga 5 kali lebih rentan terhadap depresi. Jadi ketika Anda merasa stres, ada baiknya mengurangi kontak dengan gadget.
  4. Menulis jurnal atau diary. Penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Anxiety, Stress, & Coping menemukan bahwa menulis mengenai hal yang membuat depresi selama 20 menit selama 2 hari mampu menurunkan kadar stres.
  5. Kurangi konsumsi gula, kafein, dan daging merah. Meskipun terlihat remeh, membatasi konsumsi ketiga makanan ini merupakan cara menghilangkan stres yang cukup efektif. Dalam porsi yang berlebihan, gula, kafein, dan daging merah bisa meningkatkan hormon stres serta memicu kegelisahan.
  6. Memelihara binatang. Berinteraksi dengan binatang bisa membantu tubuh untuk melepaskan hormon oxytocin dan menurunkan level kortisol.
  7. Meminta asupan obat dari psikiater. Kalau stres berat sudah mengarah ke depresi, ada baiknya jika Anda mengunjungi psikiater untuk mendapatkan penanganan profesional. Biasanya pasien juga akan dibekali dengan obat untuk mengatasi depresi.

Itulah cara-cara menghilangkan stres yang bisa diterapkan setiap hari.

Benarkah stres bisa bikin kamu jadi cepat tua? Simak jawabannya di sini! (Sumber Foto: Shutterstock/TheList)

Cara menghilangkan stres saat hamil

Stres pada ibu hamil bisa mempengaruhi perkembangan janin. Jika tak segera diatasi bahkan bisa menyebabkan komplikasi saat melahirkan. Karena itu stres pada ibu hamil harus segera ditangani.

Untuk pertolongan pertama, berikut ini cara-cara menghilangkan stres saat sedang mengandung.

  1. Pijat selama 15 menit. International Journal of Neuroscience melaporkan bahwa pijat sendiri selama 15 menit 2 kali seminggu mampu menurunkan stres dan menenangkan sistem saraf.
  2. Minum teh chamomile. Meminum teh chamomile hangat berkhasiat untuk melepaskan ketegangan yang ada di dalam tubuh. Sifat menenangkan dalam chamomile juga membantu ibu hamil agar tidur lebih nyenyak.
  3. Konsumsi air jahe. Jahe mengandung zat antioksidan yang disebut dengan gingerol yang memiliki kemampuan menenangkan tubuh saat stres.
  4. Tidur cukup. Tidur nyenyak yang berkualitas atau REM sleep mampu menurunkan tingkat hormon stres di dalam tubuh.
  5. Jalan kaki di pagi hari. Aktivitas fisik ringan seperti jalan kaki bisa meningkatkan hormon endorphin dan mengurangi bengkak di kaki. Sementara paparan cahaya matahari pagi akan merangsang otak untuk melepaskan serotonin dan meningkatkan ketenangan.
  6. Membaca. Membaca selama 5 menit saja sudah bisa menurunkan stres sebanyak 68 persen.Itulah cara menghilangkan stres yang bisa dicoba untuk ibu hamil. Jangan lupa untuk membiasakan berpikir positif agar masa kehamilan bisa dilalui dengan aman.
Alasan stres bisa memengaruhi peluang hamil. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Cara menghilangkan stres saat menyusui

Sebenarnya menyusui mampu membantu ibu untuk melepaskan hormon oxytocin yang mampu menurunkan tingkat depresi. Walaupun begitu tak jarang ibu menyusui yang masih mengidap stres hingga asi jadi mampet. Bagaimana cara mengatasinya?

Di bawah ini kami tampilkan beberapa cara menghilangkan stres yang bisa diterapkan untuk ibu menyusui.

  1. Istirahat cukup. Meskipun tangisan bayi kerap membuat ibu sulit tidur, usahakan untuk tetap mendapatkan porsi istirahat yang cukup. Kurangnya waktu tidur bisa mengacaukan mood dan meningkatkan risiko baby blues.
  2. Konsumsi minyak ikan. Selain istirahat, konsumsi minyak ikan yang kaya akan asam lemak Omega 3 juga mampu meredakan stres.
  3. Minum air seduhan daun mint. Sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan stimulan sehat yang dimiliki daun mint bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran. Daun mint juga berguna untuk menyeimbangkan hormon, menurunkan stres, dan mengurangi kecemasan.
  4. Stretching ringan. Peregangan ringan berfungsi untuk membantu melemaskan otot, meningkatkan endorphin, dan melepaskan ketegangan.
  5. Menghirup aromaterapi. Aroma yang sifatnya menenangkan seperti lavender, rosemary, peppermint, dan vanilla juga cocok untuk meredakan stres pada ibu menyusui.

Itulah cara-cara menghilangkan stres yang bisa dicoba untuk ibu menyusui.

Ilustrasi seorang ibu menyusui di tempat umum. (Sumber Flickr/jakecaptive)

Cara menghilangkan stres kerja

Pekerjaan di kantor atau di lapangan seringkali mendatangkan stres. Otot terasa tegang, begitu juga dengan saraf-saraf di kepala. Kalau sudah begini, Anda perlu metode manajemen stres yang bisa diterapkan setiap hari.

Berikut ini deretan cara menghilangkan stres di tempat kerja yang bisa Anda coba di kantor besok.

  1. Tarik napas dalam-dalam. Menarik dan melepaskan napas secara perlahan merupakan teknik pernapasan dalam meditasi sederhana yang mampu meredakan amarah sekaligus stres.
  2. Minum air putih. Mereguk segelas air putih merupakan cara menghilangkan stres yang paling mudah sekaligus efektif. Pasalnya dehidrasi bisa meningkatkan stres dan kegelisahan. Jadi pastikan Anda selalu mengonsumsi air dalam jumlah memadai.
  3. Mendengarkan musik selama 30 menit. Penelitian di Journal of Advanced Nursing menemukan bukti bahwa pasien yang mendengarkan lagu pilihan mereka lebih tenang ketika akan menghadapi operasi. Bergerak sesuai dengan irama lagu juga semakin menambah emosi positif dan memicu produksi endorphin.
  4. Tersenyum atau tertawa. Menurut salah satu jurnal ilmiah, memaksa diri untuk tersenyum bisa merangsang otak untuk melepaskan ketegangan. Lebih baik lagi jika Anda bisa tertawa dengan rekan-rekan di kantor.
  5. Istirahat di luar ruangan. Istirahat sejenak dari pekerjaan yang menguras energi dan pikiran itu perlu. Lakukan hal ini di luar ruangan agar Anda bisa berganti suasana. Jalan kaki sedikit juga bagus untuk melemaskan otot dan refresh pikiran.
Ilustrasi stres (iStockphoto)

Cara menghilangkan stres pikiran menurut Islam

Islam punya pandangan tersendiri mengenai depresi dan cara menghilangkan stres. Sudah pasti manajemen stres versi Islam pun berbeda pula.

Ada beberapa cara menghilangkan stres secara Islami yang bisa Anda coba setiap kali emosi menguasai. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Wudhu. Nabi Muhammad SAW menyarankan untuk berwudhu ketika amarah menguasai. Pasalnya siraman air dingin memang dapat membantu menenangkan saraf yang tegang.
  2. Salat sunnah. Gerakan salat adalah satu bentuk peregangan yang baik untuk melancarkan peredaran darah dan produksi hormon. Selain itu, berdoa juga bisa menjadi terapi konsultasi dan bentuk komunikasi dengan Sang Pencipta.
  3. Sedekah. Penelitian di University of Columbia menunjukkan bahwa mendonasikan atau menyumbangkan uang membuat seseorang merasa lebih senang dibanding dengan menggunakan uang tersebut untuk membeli barang. Memberi sesuatu pada orang lain juga bisa membuat pikiran Anda lebih tenang.
  4. Istighfar. Mengucapkan kalimat istighfar sama dengan sugesti diri agar otak terangsang untuk melepaskan hormon anti-stres.
  5. Mendengarkan lantunan ayat suci. Mendengarkan lantunan merdu ayat-alat Alquran saja bisa membantu menenangkan pikiran yang gelisah, penuh amarah, dan cenderung negatif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Resmi Mulai Kampanye Nasional Pencegahan Stunting

Posted: 15 Sep 2018 08:11 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah resmi memulai Kampanye Nasional Pencegahan Stunting, Minggu (16/9). Kepala Staf Kepresidenan didampingi oleh Menteri Kesehatan, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Gubernur DKI Jakarta, Wakil Gubernur Banten, dan Wakil Gubernur DIY memimpin langsung deklarasi Kampanye Nasional Pencegahan Stunting di area Monumen Nasional (Monas), Jakarta. "Cegah Stunting untuk Generasi Cerdas Indonesia" menjadi tema gerakan nasional ini.

"Terima kasih kepada Ibu-ibu di seluruh Indonesia yang sudah merawat anak-anaknya dengan upaya memprioritaskan nutrisi dan gizi. Sehingga anak-anak kita tidak menderita stunting," ucap Moeldoko.

Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak usia bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupannya. Stunting menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Tinggi badan balita stunting lebih rendah daripada standar umurnya. Ketika beranjak dewasa anak stunting rentan terhadap penyakit, kurang berprestasi di sekolah, rentan mengalami kegemukan, dan ketika dewasa lebih mudah terkena berbagai penyakit tidak menular, seperti jantung dan diabetes.

Kampanye Nasional Pencegahan Stunting mendesak dilakukan saat ini karena BPS mencatat satu dari tiga anak bawah lima tahun (balita) Indonesia masih mengalami stunting (2013). Jumlahnya mencapai sembilan juta balita.

"Stunting tidak hanya terjadi pada anak dari keluarga miskin. Stunting juga terjadi pada anak keluarga kaya, di kota maupun di desa," kata Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan.

Apabila kondisi tersebut terus dibiarkan, investasi apapun yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM menjadi tidak optimal. "Karena apapun yang kita beri, guru, laboratorium, kurikulum, atau pelatihan menjadi kurang optimal karena kemampuan otak anak-anak kita dalam menyerap ilmu pengetahuan terbatas," jelasnya.

Pada usia produktifnya, anak stunting berpenghasilan 20% lebih rendah daripada anak yang tumbuh optimal. Stunting bisa menurunkan Produk Domestik Bruto negara sebesar 3%. Bagi Indonesia, kerugian akibat stunting mencapai sebesar Rp 300 triliun per tahun.

Kampanye Nasional Pencegahan Stunting ini sekaligus implementasi dari Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo 16 Agustus 2018 lalu yang menegaskan bahwa pembangunan SDM diawali sejak dari kandungan. "Kalau kita cegah stunting dari sekarang, pada tahun 2040 nanti, ketika anak-anak ini berusia 22 tahun, mereka akan jauh lebih hebat daripada generasi sebelumnya. Ini investasi jangka panjang kita sebagai bangsa," tegas Moeldoko.

 

Tekan prevalensi jadi 28 persen

Stunting disebabkan oleh perilaku pola asuh dan pola makan yang tidak baik, serta sanitasi yang tidak bersih dan tidak sehat. Oleh karena itu, stunting hanya bisa dicegah dengan memperbaiki pola asuh, pola makan, dan menciptakan sanitasi yang bersih dan sehat.

Agar kondisi itu terwujud, keluarga perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. Pemerintah menyiapkan berbagai program dan aktivitas untuk mencegah stunting, antara lain merevitalisasi pos pelayanan terpadu (Posyandu) bagi sarana pendidikan gizi dan pemantauan tumbuh kembang balita, serta melatih para petugas kesehatan dan kader agar mampu mendidik masyarakat. Juga, pemberian tablet tambah darah bagi ibu hamil serta vitamin A, obat cacing, dan imunisasi untuk balita. Dengan berbagai program tersebut, pemerintah menargetkan, prevalensi stunting bisa ditekan dari angka 37,2% pada 2013 menjadi 28% pada 2019.

Melibatkan 5.000 peserta

Deklarasi di Monas menjadi titik awal penyadaran masyarakat mengenai bahaya stunting dan pencegahannya. Acara ini melibatkan 5.000 peserta dari berbagai kalangan, di antaranya TPP-PKK DKI Jakarta, Kader Posyandu DKI Jakarta, tutor PAUD DKI Jakarta, Persit Kartika Chandra Kirana, Pia Ardhya Garini, Jalasenastri, dan pegawai Kementerian Kesehatan. Dukungan juga mengalir dari Bhayangkari, mahasiswa program gizi di sekitar DKI Jakarta, dan komunitas pesepeda Bike to Work (B2W).

Seratus pesepeda anggota B2W memulai rangkaian acara dengan bersepeda dari FX Senayan menuju Bundaran Hotel Indonesia, mulai pukul 06.30 WIB. Mengenakan kaos kampanye cegah stunting, mereka diharapkan mampu menarik perhatian peserta Car Free Day. Di sekitar Bundaran HI, telah menunggu 300 mahasiswa dan 400 pegawai Kementerian Kesehatan yang akan berjalan bersama menuju area Monas. Jalan sehat ini akan diikuti oleh Kepala Staf Kepresidenan dan keempat menteri. Sementara itu, di area Monas, ribuan peserta melakukan senam aerobik bersama yang dipimpin oleh instruktur senam dari komunitas Mufit.

 

Deklarasi

Acara kemudian dilanjutkan dengan deklarasi pencegahan stunting yang dipimpin oleh Kepala Staf Kepresidenan didampingi para menteri dan gubernur kepala daerah.

Selain rangkaian acara tersebut, masyarakat luas juga menikmati musik dan mengikuti talkshow seputar stunting. Acara dipandu oleh Sarah Sechan dan Cindy Sistyarani.

Masyarakat juga mendapatkan edukasi dan konsultasi tentang gizi di booth Nutrition Center. Bagi penggemar swapotret, panitia penyelenggara juga menyediakan spot yang menarik dan lomba.

Pemerintah mengajak semua elemen masyarakat untuk aktif terlibat dalam gerakan pencegahan stunting ini. Jika angka stunting bisa diturunkan, pertumbuhan ekonomi bisa ditingkatkan.

Dalam penyelenggaraan Kampanye Nasional Pencegahan Stunting, Pemerintah bekerja sama dengan Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI) dan Bike to Work (B2W), serta beberapa mitra perusahaan swasta, yakni PT Tirta Investama, PT Indofood Sukses Makmur, PT Nutrifood Indonesia, Bank Mayapada, PT Kraft Heinz ABC Indonesia, GO-JEK, dan SUN Business Network. Pemerintah mengapresiasi keterlibatan swasta dan organisasi masyarakat dalam pencegahan stunting sesuai pilar ke-17 dari SDGs.

At last, cegah stunting, itu penting! Ayo, pastikan anak-anak kita tumbuh tinggi dan berprestasi!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Catatan Buruk, Yamaha YZR-M1 Tidak Memiliki Daya Cengkram yang Bagus

Posted: 15 Sep 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua musim terakhir MotoGP memang bukan milik Yamaha. Pabrikan yang diperkuat pembalap Maverick Vinales dan Valentino Rossi ini belum mampu mencatatkan kemenangan. Tercatat, sudah 22 balapan MotoGP sejak 2017 mereka lalui tanpa kemenangan.

Hasil tersebut, tentunya mengulangi hasil minus Movistar Yamaha 20 tahun lalu pada 1997-98, Yamaha paceklik kemenangan dalam 22 seri.

Melansir Crash, ditulis Sabtu (15/9/2018), salah satu pembalap legendaris Valentino Rossi mengakui tidak mengetahui penyebab paceklik kemenangan dua musim terakhir. Pembalap bernomor 46 ini juga bingung timnya tidak bisa bersaing dengan dua pabrikan rival, yaitu Honda dan Ducati.

"Saya bukan teknisi, saya tidak tahu. Mungkin juga mesinnya bermasalah," kata rider MotoGP asal Italia tersebut.

Namun yang pasti, Rossi memahami masalah besar yang dimiliki Yamaha. Menurutnya, pabrikan asal Jepang itu kurang memiliki daya cengkeram yang hebat di aspal.

"Saya hanya tahu, kalau kita kehilangan cengkeraman. Elektronik tidak membantu motor. Kehilangan cengkeraman membuat kita sangat sulit melaju lebih cepat," ujar Rossi.

Selanjutnya

Masalah ini juga yang membuat Rossi kehilangan banyak waktu saat balapan. Eks pembalap Honda dan Ducati itu berharap Yamaha segera merespons keluhannya.

"Saya tidak pernah absen di tikungan dalam 100 lap saat tes. Bahkan di hari Jumat (sesi latihan bebas MotoGP San Marino)," ucapnya.

"Namun, saat balapan, saya ketinggalan satu lap, mungkin dua atau tiga tikungan (yang membuat Rossi lambat). Itu artinya, ada sesuatu yang salah pada motor," kata Rossi menambahkan.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buni Yani: Tanpa Diminta, Saya Akan Menangkan Prabowo-Sandi

Posted: 15 Sep 2018 08:07 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terpidana kasus ujaran kebencian melalui media sosial, Buni Yani memberi sinyal masuk dalam tim pemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dia mengatakan, tanpa masuk tim pemenangan pun, dirinya siap memperjuangan Prabowo-Sandi menang di Pilpres.

"Insya Allah saya berjuang bersama, karena Sandi kawan, saya dukung. Saya pejuang, ingin membuat bangsa ini lebih bagus. Tidak diminta pun saya ikut bantu," ujar Buni Yani di Rumah Aspirasi Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu,15 September 2018.

Sementara itu saat disinggung lebih jauh mengenai keterlibatannya di tim kampanye, pria yang divonis bersalah atas pelanggaran Undang-undang ITE itu enggan menjawabnya. Ia lebih menyerahkan urusan tersebut kepada koalisi partai.

"Itu bukan kapasitas saya. Kan ada yang menentukan. Kalau saya relawan biasa. Nanti tanya bagian timses apakah saya akan dilibatkan atau tidak," ucap Buni Yani seperti dilansir dari JawaPos.com.

Lebih lanjut, Buni Yani mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum ada ajakan resmi dari kubu Prabowo-Sandi untuk terlibat dalam tim kampanye. Oleh sebab itu ia lebih memilih menunggu dan tidak banyak berkoar kepada publik.

"Belum (ada undangan resmi untuk bergabung dengan timses). Makanya, tanya beliau (Djoko Santoso) saja," sambungnya.

 

Siapkan Program

Di sisi lain, Buni Yani mengatakan telah menyiapkan sejumlah program untuk diusulkan kepada koalisi Prabowo-Sandi bilamana nanti terealisasi bergabung sebagai tim kampanye.

Namun ia menolak menjabarkan program tersebut sampai betul-betul dinyatakan ikut serta dalam proses pemenangan Prabowo-Sandi.

"Tentu sudah ada lah (program untuk ditawarkan). Tapi itu kan nggak bisa saya umbar ke publik," pungkasnya.

 

Baca Berita Menarik JawaPos.com Lainnya di Sini

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhir Pelarian Penembak Polisi di Aceh Utara Usai Buron Sebulan

Posted: 15 Sep 2018 08:02 PM PDT

Liputan6.com, Lhoksukon - Aparat Polda Aceh berhasil menangkap seorang buronan polisi terkait kasus penembakan di Aceh Utara, Provinsi Aceh, beberapa bulan lalu. Buronan polisi itu tewas ditembak karena memberikan.

Kepada wartawan, Sabtu malam, Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Aceh Kompol Suwalto mengatakan bahwa pada Sabtu, 15 September 2019, dini hari, tim gabungan Polres Aceh Utara dibantu Subdit 3 Ditreskrimum dan BKO Brimob Polda Aceh menangkap Johansyah (31) di Jalan Panglima Denai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan.

Ketika dibawa polisi ke rumahnya sekitar pukul 12.00 WIB di Gampong Blang Bitra, Kecamatan Peureulak, Aceh Timur, untuk mencari senjata api jenis FN miliknya, tersangka melawan petugas dan mencoba melarikan diri, kemudian pelaku terpaksa ditembak. Johansyah tewas saat menjalani perawatan di Puskesmas Lhoksukon, Aceh Utara.

Menurut Kompol Suwalto, saat ditangkap dan diinterogasi, pelaku mengaku menyimpan senjata jenis AK-56 di rumah orang tuanya.

Selain itu, tersangka juga mengaku menyimpan sepucuk senjata api jenis FN di rumahnya.

Sementara itu, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah menambahkan bahwa senjata AK-56 yang diakui disimpan di rumah orang tua Johansyah ditemukan di dapur dalam tumpukan padi yang dibungkus selimut.

Senjata FN, katanya lagi, yang dicari di rumah Johansyah belum ditemukan lantaran tersangka mencoba melarikan diri dengan mendobrak kaca jendela. Pelaku terpaksa ditembak dan terkena pada bagian pinggang dan pinggul.

Begitu tersungkur, dibawa ke Puskesmas Lhoksukon, Aceh Utara, atau tidak dibawa ke puskesmas terdekat karena berdasarkan informasi dia memiliki kawanan yang ingin membebaskannya.

"Khawatir jatuh korban pada anggota, mengingat sebelumnya juga ada ancaman dari tersangka ini bakal menghabisi keluarga anggota," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Utara, dilansir Antara.

Dalam kasus ini, polisi menyita barang bukti berupa sepucuk senjata api AK-56 dengan 12 butir amunisi, sebilah pisau, dan sebuah mobil Honda Jazz milik Johansyah.

Seperti diketahui, Johansyah terlibat kontak senjata dengan aparat polisi Polres Aceh Utara pada 19 Agustus 2018. Dia yang diduga sebagai pengedar narkoba itu melakukan perlawanan kepada polisi yang akan menangkapnya. Sejumlah tembakan dia lepaskan, sebelum lari ke hutan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: