Rabu, 05 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


KPK Panggil Kerabat Steffy Burase terkait Kasus Suap Irwandi Yusuf

Posted: 05 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap seorang pihak swasta bernama Farah Amalia. Dia akan diperiksa terkait kasus dugaan suap pengalokasian dan penyaluran Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun anggaran 2018 yang menjerat Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka IY (Irwandi Yusuf)," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (6/9/2018).

Selain Farah, penyidik juga memeriksa staf khusus Irwandi, Johnnico Apriano. Dia akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka yang sama.

Febri belum menjelaskan detail materi pemeriksaan kedua saksi tersebut. Para saksi yang dipanggil, kata dia, karena diduga mengetahui, mendengar atau melihat ihwal suap di Pemprov Aceh itu.

Farah Amalia adalah salah satu kerabat Steffy Burase, teman dekat Irwandi Yusuf. Rumah Farah di Jalan Pengadegan Timur Jakarta, sebelumnya telah digeledah penyidik KPK.

Dalam kasus ini KPK menetapkan Gubernur Aceh Irwandi dan dua pihak swasta bernama Hendri Yuzal dan Teuku Syaiful Bahri serta Bupati Bener Meriah Ahmadi sebagai tersangka. Irwandi, Hendri dan Syaiful ditetapkan sebagai pihak penerima suap dari Ahmadi.

Gubernur Irwandi melalui Hendri dan Syaiful diduga menerima suap Rp 500 juta dari total fee yang dijanjikan sebesar Rp 1,5 miliar. Uang tersebut diduga akan digunakan untuk membeli medali dan pakaian atlet dalam ajang Aceh International Marathon 2018.

Dugaan tersebut diperkuat oleh model Fenny Steffy Burase. Steffy yang merupakan tenaga ahli dalam ajang tersebut mengatakan bahwa aliran dana suap tersebut ada, namun dirinya mengaku tak tahu asal usul dana tersebut. Steffy juga membenarkan pengeluaran untuk membeli medali senilai Rp 500 juta.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kembangkan Jaringan Akses, Telkom Terbitkan Surat Utang Rp 1,5 Triliun

Posted: 05 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) menerbitkan medium term notes (MTN) atau surat utang jangka pendek I dengan total Rp 1,5 triliun pada 4 September 2018.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (6/9/2018), perseroan menerbitkan dua jenis MTN. Pertama, MTN I Telkom tahun 2018 senilai Rp 758 miliar yang terdiri dari tiga seri. Seri A, jumlah pokok MTN seri A sebesar Rp 262 miliar dengan bunga tetap sebesar 7,25 persen per than  dan jangka waktu 370 hari sejak tanggal penerbitan.

Seri B dengan jumlah pokok MTN seri B sebesar Rp 200 miliar dengan tingkat bunga tetap 8 persen per tahun dengan jangka waktu dua tahun. Seri C jumlah pokok MTN seri C sebesar Rp 296 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8,35 persen per tahun dengan jangka waktu tiga tahun.

Adapun bunga MTN dibayarkan setiap triwulan. Bunga MTN pertama akan dibayarkan pada 4 Desember 2018. Sedangkan bunga MTN terakhir sekaligus dengan pelunasan. MTN akan dibayarkan pada 14 September 2019 untuk MTN seri A, 4 September 2020 untuk MTN seri B dan 4 September 2021 untuk MTN seri C.

Kedua, MTN Syariah ijarah I Telkom tahun 2018 dengan sisa imbalah ijarah Rp 742 miliar. MTN Syariah ijazarah ini diterbitkan tanpa warkat dan ditawarkan dengan nilai 100 persen. MTN syariah ini juga terdiri dari tiga seri. Seri A dengan jumlah sisa imbalan ijarah MTN syariah ijarah seri A sebesar Rp 264 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp 19,14 miliar per tahun. Ini dihitung dari jumlah sisa imbalan ijarah MTN syariah ijazah seri A atau Rp 72,50 juta per Rp 1 miliar per tahun. MTN syariah seri A ini berjangka waktu 370 hari.

Kemudian seri B, dengan jumlah sisa imbalan ijarah MTN syariah ijarah seri B sebesar Rp 296 miliar dengan cicilan imbalan ijarah sebesar Rp 23,68 miliar per tahun. Angkanya dihitung dari jumlah sisa imbalan ijarah MTN syaroah seri B senilai Rp 80 juta per Rp 1 miliar per tahun. MTN syariah seri B ini berjangka waktu dua tahun.

Sedangkan seri C dengan jumlah sisa imbalan ijarah MTN sebesar Rp 182 miliar. Cicilan imbalan ijarah sebesar Rp 15,19 miliar per tahun. Ini dihitung dari jumlah sisa imbalan ijarah MTN syariah atau Rp 83,50 juta per Rp 1 miliar per tahun. MTN syariah seri C ini bertenor tiga tahun.

Perseroan telah peroleh hasil pemeringkatan nasional untuk MTN dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) yaitu AAA dan AAA syariah yang berlaku pada 10 Agustus 2018 hingga 1 Agustus 2019. Adapun agen pemantau yang ditunjuk dalam penerbitan MTN ini adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

"Dana hasil penerbitan MTN ini akan digunakan untuk pengembangan jaringan akses dan backbone khususnya pembangunan jaringan broadband fiber to the home," ujar Poh VP Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Prakoso Imam Santoso.

Ia menuturkan, penerbitan MTN ini dapat mendukung perusahaan dalam upaya pemenuhan target-target perusahaan yang telah ditetapkan.

Pada perdagangan saham sesi pertama, saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk naik 2,14 persen ke posisi 3.340 per saham. Total frekuensi perdagangan saham 4.480 kali dengan nilai transaksi Rp 301,5 miliar.

 

Pertamina Gandeng Telkom buat Terapkan Sistem Penyaluran Digital

SPBU Pertamina beroperasi penuh di Lombok (Foto: Dok Pertamina)

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menggandeng PT Telkom Indonesia (Persero) atau disebut Telkom untuk membangun sistem digital dalam penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM).  

Rencana ada 5.518 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang akan menerapkan sistem tersebut.

‎Senior Vice President Corporate ICT Pertamina, Jeffrey Tjahja Indra mengatakan, Pertamina dengan Telkom sepakat bersinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), untuk membangun sistem digital dalam penyaluran BBM di Indonesia. 

Dia melanjutkan, dipilihnya Telkom sebagai mitra untuk menggarap sistem tersebut, karena Telkom memiliki kemampuan dalam membangun‎ sistem digital.

"Kami dibantu PT Telkom, kami menyadari Pertamina tidak punya kapabilitas menjangkau seluruh Indonesia, karena Pertamina perusahaan energi, karena itu kita gandeng PT Telkom," kata Jeffrey, di Kantor BPH Migas, Jakarta, Senin 13 Agustus 2018.

Direktur enterprise and business Telkom, Dian Rachmawan mengatakan, untuk biaya penerapan sistem digital pada penyaluran BBM belum ditetapkan‎, Pertamina dan Telkom akan menghitung bersama. Termasuk mekanisme pembayaran dari Pertamina ke Telkom atas penerapan sistem tersebut.

"‎Jadi 3 hari dari sekarang ada perumusan angaran, konsep bisnis modalnya bagaimana nanti dirumuskan kami dengan Pertamina. Karena kontrak sedang disusun antar tim akan didiskusikan bareng," tutur dia.

‎Dian menuturkan, Telkom akan mendukung rencana penerapan sistem digital pada SPBU, karena telah memiliki infrastruktur digital.

Namun untuk memenuhi target penerapan sistem digital pada 5.518 SPBU di seluruh Indonesia, merupakan tugas yang berat. Meski begitu, perusahaan tersebut berupaya secepat mungkin.

"Telkom membantu sinergi BUMN, digitalisasi ini dilakukan Telkom. Apa yang disebut tadi 5.518 sampai akhir desember selesai, kami akan melihat berapa SPBU yang diselesaikan satu hari. Kami punya plasma seluruh Indonesia, pekerjaan ini berat menantang kami akan melakukan secepat mungkin," ujar dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Uji Coba Persija Jakarta Vs Selangor FA

Posted: 05 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta mulai memanaskan mesinnya menghadapi lanjutan kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak yang sempat berhenti selama Asian Games 2018. Selain menggelar latihan rutin, Skuat Macan Kemayoran juga akan menjalani agenda laga uji coba. 

Rencananya, Persija Jakarta akan menjajal kekuatan tim asal Malaysia, Selangor FA. Pertandingan rencananya berlangsung di Stadion Candrabhaga, Bekasi, Kamis (6/9/2018).  

Chief Operating Officer (COO) Persija Jakarta, Mohammad Rafil Perdana, mengonfirmasi jadwal kick off tidak mengalami perubahan yakni pukul 19.00 WIN. Sebelumnya , pertandingan tersebut sempat disarankan untuk digelar pada sore hari. Saran diberikan pihak keamanan karena agenda yang padat dari Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi Kota.

Namun, Mohammad Rafil Perdana menyebut pihaknya berhasil mempertahankan usulan pertandingan agar digelar pada jam 19.00 WIB. Usulan tersebut akhirnya bisa diterima pihak kepolisian seiring dengan keluarnya surat izin menggelar pertandingan.

Laga ini menjadi yang pertama kalinya buat Persija Jakarta bermain di Stadion Patriot Candrabhaga pada 2018. Sebelumnya, bermain di Stadion PTIK dan Stadion Sultan Agung Bantul untuk menggelar laga kandang musim ini di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Simak jadwal Persija Vs Selangor FA di halaman berikutnya.

Jadwal Persija Vs Selangor FA

Kamis (6/9/2018): Persija Jakarta Vs Selangor FA (Stadion Candrabhaga, Bekasi)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Diminta Usut Temuan 25 Juta DPT Ganda

Posted: 05 Sep 2018 09:40 PM PDT

Fokus, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum atau KPU, menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilu 2019 tercatat sebanyak 185 juta lebih, dengan jumlah pemilih perempuan lebih banyak dari laki-laki. Meski sudah ditetapkan, KPU tetap memberi catatan untuk penyempurnaan DPT. Waktu penyempurnaan dilakukan selama 10 hari, hingga 15 September mendatang.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (6/9/2018), menanggapi penetapan tersebut, koalisi pengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno minta KPU mengusut temuan 25 juta pemilih ganda.

Mereka khawatir temuan tersebut akan disalahgunakan oleh pihak tertentu.

Selain KPU, rapat pleno juga dihadiri Bawaslu. Dalam kesempatan itu, Bawaslu menyampaikan data ganda  DPT, berdasarkan nama dan berdasarkan alamat kepada KPU untuk segera ditindaklanjuti. (Galuh Garmbrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orbitkan Boyband Boy Story, JYP Entertainment Tuai Kritikan Pedas

Posted: 05 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Tiongkok - Sebagai salah satu agensi terbesar di Korea Selatan, JYP Entertainment dikenal sukses melahirkan idola K-Pop kenamaan. Setelah GOT7, TWICE, 2PM, JYP Entertainment kembali menelurkan satu boyband baru yang diberi nama Boy Story.

JYP Entertainment secara resmi mengumumkan debut Boy Story pada 4 September 2018 lalu. Boy Story sendiri beranggotakan enam cowok hasil kolaborasi antara JYP China dengan TME (Chinese Tencent Music Entertainment Group).

Mereka adalah HanYu, ZiHao, XinLong, Zeyu, MingRiu, dan ShuYang. Berbeda dari boyband besutan JYP Entertainment yang lain, para personel Boy Story masih berusia sangat muda.

Personel Boy Story paling tua, yakni HanYu, merupakan kelahiran 2004. Yang mana saat ini ia baru berumur 14 tahun.

 

Simak video menarik di bawah ini:

Persiapan Dua Tahun

Boy Story, boyband remaja besutan JYP Entertainment. [foto: instagram.com/official_boystory]

Dilansir dari Koreaboo, Boy Story sudah dipersiapkan untuk debut sejak dua tahun lalu. Mereka dibentuk berbeda dari idola Tiongkok pada umumnya. Para personel Boy Story juga sudah memperlihatkan gaya dan kemampuan mereka lewat proyek-proyek tunggal.

"Kami berharap Boy Story menerima banyak dukungan dan cinta dari penggemar di Tiongkok. Kami juga berencana akan melakukan debut resmi Boy Story lewat sebuah pertunjukan besar," ujar perwakilan JYP China.

Boy Story sendiri sudah merilis single pertama mereka bertajuk "HOW OLD R U" pada 1 September 2017. Kemudian "Can't Stop" pada 15 Desember 2017 dan "JUMP UP" pada Maret 2018 dan paling terbaru, yakni "Handz UP", pada Juni 2018 lalu.

 

Kritikan Pedas

Boy Story, boyband remaja besutan JYP Entertainment. [foto: instagram.com/official_boystory]

Sayangnya, tidak semua orang memberikan sambutan positif atas debutnya Boy Story. Tidak sedikit juga yang mengkritik dan menganggap pekerjaan seperti ini belum pantas dilakukan anak-anak seusia mereka.

"Melihat anak-anak terlihat tua dengan memakai banyak makeup dan berpose seperti itu di depan kamera... Tidak nyaman untuk dilihat, meski pun saya tahu mereka akan menjadi selebritas," ujar seorang warganet dikutip dari Netizenbuzz.

"Mereka mengambil banyak anak-anak dan membuat mereka bertindak seperti orang dewasa," sahut yang lain.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Lagi, Wali Kota Filipina Tewas Ditembak Orang Tak Dikenal

Posted: 05 Sep 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Penembakan terhadap wali kota di Filipina kembali terjadi. Kali ini, wali kota Ronda, Cebu tewas setelah ditembak di kantornya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Totti: Dominasi Juventus Sulit Dipecahkan

Posted: 05 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Roma - Francesco Totti punya prediksi tersendiri soal Serie A musim ini. Legenda AS Roma itu mengaku dominasi Juventus masih sulit terbendung.

Juventus saat ini menjadi penguasa Italia. Mereka sudah meraih scudetto selama tujuh tahun terakhir.

Saat ini, Juventus makin sulit dikalahkan. Sebab, mereka memperkuat timnya dengan beberapa pemain baru yang berkualitas.

Salah satunya adalah megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo. Bek klub Serie A lainnya harus ekstra waspada karena Ronaldo adalah seorang mesin gol dan seorang match winner yang bisa menentukan hasil akhir sebuah pertandingan.

"Juventus berada dalam liga mereka sendiri, tidak ada lawannya. Tetapi semua kompetisi besar lainnya juga punya kesulitannya sendiri," ujarnya kepada Radio Roma.

 

Realistis

Pemain Roma, Federico Fazio mencetak gol ke gawang AC Milan dalam Serie A Italia di Stadion San Siro, Milan, Jumat (31/8). AS Roma melalui gol Federico Fazio sempat menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-59. (AP Photo/Antonio Calanni)

Selain itu Totti juga meminta Roma agar bersikap realistis. Menurutnya, meski tak akan bisa bersaing jadi juara, mereka setidaknya bisa finis di posisi empat besar.

"Sudah lama sejak Roma memenangi gelar, tetapi tim lain juga tidak bisa juara: hanya Juventus yang menang. Kita semua dalam posisi yang sama," ujarnya.

"Roma harus mencoba finis antara posisi kedua dan keempat, dan lolos dari babak penyisihan grup Liga Champions. Kami harus tetap bersatu dan kompak," Totti mengakhiri.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hujan Bulan September di Banyumas dan Cilacap Sejenak Membuat Ceria

Posted: 05 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Banyumas - Bak ujaran "hujan di musim kemarau", hujan benar-benar terjadi di Cilacap dan Banyumas, Jawa Tengah, pada awal September 2018. Bagi warga di daerah yang tengah dilanda kekeringan, gerimis ini seolah membawa kabar baik.

Masalahnya, dampak kemarau di dua kabupaten ini semakin luas. Di Banyumas, sebanyak 28 desa di sembilan kecamatan mengalami krisis air bersih.

Untuk membayangkan betapa seriusnya dampak kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas hingga awal September ini telah menggelontorkan sebanyak 503 tangki air bersih. Jumlah yang cukup untuk menyebut bahwa warga di beberapa wilayah Banyumas benar-benar krisis air bersih.

"Itu sejak awal kemarau," ucap Komandan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyumas, Kusworo, Rabu, 5 September 2018.

Adapun di Cilacap, krisis air bersih telah melanda 25 desa di 10 kecamatan. Sebanyak 154 tangki bantuan air bersih telah dikirimkan untuk belasan ribu keluarga yang terdampak.

Rekapitulasi pengiriman bantuan air bersih oleh BPBD Banyumas dan Cilacap pun menunjukkan bahwa semakin lama kemarau, semakin banyak air bersih yang dikirimkan tiap hari dan pekan. Tak pelak, warga pun begitu menunggu tibanya musim penghujan.

Namun, sepertinya harapan warga masih jauh panggang dari api. Ternyata, hujan yang terjadi tak merata di berbagai daerah ini bukan lah awal musim penghujan.

Prakirawan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pos Pengamatan Cilacap, Rendy Krisnawan mengatakan musim kemarau bukan berarti tanpa hujan sama sekali. Sebenarnya, kadang masih ada hujan ringan untuk beberapa waktu dan bersifat tidak merata.

"Karena kondisi atmosfer yang labil dan basah pada saat ini," kata Rendy.

Rendy mengungkapkan, awal musim penghujan di Jawa Tengah bagian selatan, terutama di Kabupaten Banyumas, Cilacap, dan Kebumen diperkirakan baru tiba pada pertengahan Oktober hingga pertengahan November 2018 mendatang.

 

Awal Musim Hujan Banyumas, Cilacap dan Kebumen

Petugas BMKG Pos Pengamatan Cilacap.  (Liputan6.com/Dimas/Muhamad Ridlo).

Diperkirakan awal musim hujan antara satu wilayah dengan lainnya pun tidak datang di waktu yang bersamaan. Hal ini dipengaruhi kondisi wilayah atau biasa disebut Zona Musim atau ZOM. ZOM adalah daerah yang pola hujan rata-ratanya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim kemarau dan periode musim hujan.

Wilayah ZOM tidak selalu sama dengan luas daerah administrasi pemerintahan. Dengan demikian satu kabupaten atau kota bisa saja terdiri dari beberapa ZOM. "Sebaliknya satu ZOM dapat terdiri dari beberapa kabupaten," dia menambahkan.

Dia mencontohkan, di Kabupaten Cilacap, awal musim penghujan akan tiba tak bersamaan. Musim hujan untuk wilayah Cilacap timur dan utara diperkirakan akan terjadi pada awal November. Namun, wilayah Cilacap tengah akan tiba lebih cepat, yakni pada akhir Oktober.

Sebaliknya, wilayah Cilacap tengah yang berbatasan dengan Jawa Barat, musim hujan diperkirakan akan tiba lebih lambat, sekitar pertengahan November.

"Untuk wilayah bagian selatan hingga Cilacap bagian timur, dan juga Cilacap bagian utara, musim hujan dimulai pada sekitar awal November. Lalu untuk wilayah Cilacap bagian tengah, dimulai sekitar pada akhir Oktober," dia menjelaskan.

Menurut Rendy, di Kabupaten Banyumas, pada umumnya awal musim penghujan terjadi pada akhir Oktober. Tetapi, untuk wilayah Banyumas wilayah tenggara, yang berbatasan dengan Kebumen dan Cilacap, awal musim hujan sekitar pertengahan pertengahan Oktober.

Adapun Kebumen, pada umumnya awal musim penghujan tiba pada awal November, meliputi Kebumen selatan dan tengah. Tetapi, Kebumen wilayah utara, musim hujan dimulai pada akhir Oktober.

"Juga dipengaruhi kontur tanah, kondisi geografis, topografi wilayah," Rendy menambahkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bomber Ganda Meledakkan Diri di Klub Gulat Afghanistan, 20 Orang Tewas

Posted: 05 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Kabul - Bom bunuh diri ganda meledak di sebuah klub gulat di ibu kota Afghanistan, Kabul. Para pejabat mengatakan insiden itu menewaskan sedikitnya 20 orang dan mencederai 70 lainnya.

BBC yang dikutip Kamis (6/9/2018) melaporkan, awalnya seorang bomber bunuh diri menewaskan empat orang di klub gulat Afghanistan itu. Lalu yang kedua meledak dari sebuah mobil yang menyerang layanan darurat saat tengah menanggapi insiden tersebut.

Dua wartawan dari saluran berita Tolo terbunuh, empat lainnya terluka oleh bom mobil tersebut. Serangan ini terjadi di distrik mayoritas muslim Syiah di Kabul.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, pemimpin saluran berita Tolo, Lotfullah Najafizada, mengatakan bahwa mereka telah kehilangan dua jurnalis terbaiknya.

Sejauh ini serangan itu belum diklaim oleh kelompok mana pun, tetapi militan ISIS sebelumnya mengklaim melakukan serangan serupa di Distrik Dasht-e-Barchi.

Lingkungan lokasi ledakan bom ini adalah rumah bagi banyak anggota minoritas Hazara.

Sebelumnya pada April, seorang wartawan BBC tewas di Provinsi Khost.

Menurut Reporters without Borders pada 2017Afghanistan menduduki peringkat negara paling berbahaya ketiga di dunia untuk wartawan.

 

Saksikan juga video berikut ini:

Bom di Pos Keamanan Afghanistan, 10 Tewas

Ilustrasi Foto Bom Rakitan (iStockphoto)

Sementara itu, sedikitnya 10 orang tewas dan empat lainnya cedera dalam serangan bom bunuh diri di Afghanistan Timur, Selasa 10 Juli 2018. Seperti dikutip dari VOA Indonesia, pelaku meledakkan bom yang diikat ke tubuhnya di sebuah pos keamanan di Jalalabad, ibu kota Provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan.

Seorang juru bicara pemerintah provinsi tersebut, Attaullah Khogyani mengatakan kepada VOA bahwa delapan warga sipil dan dua anggota dinas rahasia Afghanistan termasuk di antara korban tewas.

Para saksi mata menyebut, aparat keamanan sedang menggeledah kendaraan-kendaraan di pos itu sewaktu pelaku berjalan ke arah petugas dan meledakkan diri.

Belum ada yang mengaku bertanggung jawab atas kekerasan di provinsi Afghanistan itu, di mana pemberontak Taliban dan militan terkait ISIS mempertahankan basis mereka dan merencanakan serangan bom terhadap pasukan pemerintah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia, Uji Coba Lawan Mauritius

Posted: 05 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal berhadapan dengan Timnas Mauritius pada laga uji coba, Selasa (11/9/2018). Pertandingan ini akan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat. 

Sebanyak 22 pemain bakal dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia. Sebagian besar merupakan pemain yang tampil pada Asian Games 2018. Pada ajang multievent empat tahunan se Asian tersebut, Timnas Indonesia terhenti dibabak 16 besar oleh UEA. 

Asisten Pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti, mengatakan, para pemain rencananya bakal kumpul pada 8 September 2018. PSSI sendiri tengah mengupayakan agar pertandingan Timnas Indonesia melawan Mauritius diperbolehkan masuk dalam kalender FIFA. 

Belum diketahui apakah Luis Milla bakal hadir mendampingi timnas Indonesia dalam laga ini. Sebab sejauh ini, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belum mendapat jawaban atas tawaran perpanjangan kontrak yang disodorkan kepada pelatih asal Spanyol itu. 

Selain melawan Mauritius, PSSI juga mengagendakan agenda uji coba lain pada Oktober mendatang. Sedangkan satu lawan lainnya tengah diupayakan berasal dari Asia Timur. 

Simak Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia di halaman berikut:

Jadwal Uji Coba Timnas Indonesia

Mauritius membawa 24 pemain untuk menghadapi Timnas Indonesia dalam laga persahabatan. (AFP/Nicolas Larche)

9 September 2018: Timnas Indonesia Vs Mauritius (Stadion Patriot, Bekasi)

9 Oktober 2018: Timnas Indonesia Vs Myanmar 

 

Daftar Pemain yang Dipanggil

Gelandang Timnas Indonesia, Evan Dimas, berusaha melewati pemain Taiwan pada laga Grup A Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Minggu (12/8/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kiper: Andritany (Persija), Awan Setho (Bhayangkara)

Belakang: Gavin Kwan (Barito), Putu Gede (Bhayangkara), Rezaldi H (Persija), Ricky Fajrin (Bali Utd), Hansamu Yama (Barito), Fachruddin (Madura Utd), Bagas Adi (Arema)

Tengah: Hargianto (Bhayangkara), Evan Dimas (Selangor), Hanif Sjahbandi (Arema), Zulfiandy (Sriwijaya), Septian David (Mitra Kukar)

Depan: Rico Simanjuntak (Persija), Rizky Pora (Barito), Dedik Setiawan (Arema), Irfan Jaya (Persebaya), Saddil Ramdani (Persela), Febri Haryadi (Persib), Stefano Lilipaly (Bali Utd), Beto Goncalves (Sriwijaya)

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Menguat, Tinggalkan Level 14.900 per Dolar AS

Posted: 05 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mampu menguat kembali pada perdagangan Kamis pekan ini setelah dari awal pekan terus tertekan. Penguatan rupiah ini menyusul pertanyaan dari salah satu pejabat Bank Sentral AS  atau the Federal Reserve (the Fed).

Mengutip Bloomberg, Kamis (6/9/2018), rupiah dibuka di angka 14.875 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.938 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah masih berada di kisaran 14.875 hingga 14.890 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 9,85 persen.

Adapun berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dipatok 14.891 per dolar AS, menguat jika dibanding dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.927 per dolar AS.

Ekonom Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, mata uang dolar AS bergerak melemah terhadap beberapa mata uang dunia seperti euro dan pound sterling menyusul pernyataan Presiden The Fed St Louis James Bullard bahwa The Fed harus menghentikan kenaikan tingkat suku bunga.

"Risiko perang dagang dan data ekonomi yang belum cukup kuat menjadi salah satu alasan bagi pejabat The Fed itu untuk menghentikan kenaikan suku bunga," paparnya seperti dikutip dari Antara

Di tengah situasi itu, mata uang rupiah diuntungkan. Namun, masih adanya risiko yang tinggi bagi mata uang negara-negara berkembang akibat krisis keuangan yang terjadi Argentina, Turki, dan Afrika Selatan dapat menahan apresiasi rupiah.

Penguatan Terbatas

Nasabah mengantre menukarkan mata uang USD di gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (5/9). Sebelumnya pada Selasa (4/9), Rupiah sempat mencapai level Rp 14.935 per dollar Amerika atau terlemah sejak 1998. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Analis Valbury Asia Futures, Lukman Leong mengatakan pelaku pasar uang masih dibayangi sentimen negatif eksternal sehingga pergerakan positif rupiah diperkirakan masih cenderung terbatas.

"Prospek jangka pendek, mata uang negara berkembang masih negatif karena sentimen perang dagang," katanya.

Ia mengharapkan prospek makro ekonomi Indonesia yang masih kuat dapat mendorong investor kembali masuk untuk mengakumulasi aset berdenominasi rupiah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Seram Biara Carta, Lokasi Cerita Film The Nun

Posted: 05 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Film horor The Nun, akhirnya tayang di bioskop Tanah Air sejak Rabu (5/9/2018) kemarin. Dalam film ini, dihadirkan sekelumit cerita tentang masa lalu Valak sebelum berhadapan dengan Lorraine Warren.

The Nun bercerita tentang Pastor Burke (Demián Bichir) yang dikirim bersama Suster Irene (Taissa Farmiga) ke Biara Carta di Rumania. Keduanya diminta untuk menyelidiki peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh seorang suster di sana.

Biara Carta yang menjadi latar cerita dalam The Nun benar-benar ada di dunia nyata. Biara ini terletak di dekat Sungai Olt, di antara Kota Sibiu dan Fagaras, Rumania. 

Ternyata, ada sejumlah cerita seram dari biara yang dibangun di abad ke-13 ini.

Tujuan Wisata

Dilansir dari situs informasi mengenai pariwisata di Rumania, touristinromania.net, ada sebuah legenda terkenal di biara yang berbentuk salib ini.

Lokasi ini disebut-sebut dihantui oleh biarawan dari abad pertengahan yang pernah tinggal di sana. Setiap tahun ribuan turis berkunjung ke tempat ini karena tertarik dengan legenda dan arsitektur Biara Carta. 

Cerita Seram

Para biarawan di biara ini disebutkan hidup dalam kondisi memprihatinkan. Mereka berpuasa sepanjang tahun, tapi kadang-kadang makan keju dan daun beech rebus. Mereka tidur bersama dalam satu aula dan bangun setiap pukul 03.00 pagi. Karena hal ini, banyak dari mereka yang meninggal di usia muda, sekitar 35-40 tahun.

Para biarawan ini dikuburkan di halaman biara tersebut.

Konon katanya, kursi yang diletakkan di ruang bawah tanah bergerak sendiri, sementara dinding biara bergetar tanpa sebab. Hal ini kabarnya dialami oleh pastor yang bertugas di tempat ini.

Bukan Tempat Syuting The Nun

Adegan di film The Nun (Warner Bros)

Sementara itu, meski cerita dalam film The Nun disebutkan terjadi di Biara Carta, tapi syutingnya ternyata digelar di tempat lain. Dilansir dari Mirror, syuting film ini dilakukan di Kastil Corvin, yang juga terletak di Rumania.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aruba: Pegawai Senior Jangan Parno dengan Perkembangan Teknologi

Posted: 05 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Bangkok - Perusahan penyedia solusi teknologi , Aruba, membuka ajang Atmosphere 2018 APAC di Bangkok.

Topik seperti Internet of Things (IoT) sampai Machine Learning menjadi bahasan utama. Yang tak kalah menarik adalah Smart Digital Workplace.

Tentunya para milenial menyukai konsep Smart Digital Workplace, tetapi apa kabar bagi pegawai yang lebih senior?

Menjawab hal itu, pendiri dan presiden Aruba Keerti Melkote memiliki pengalaman tersendiri pada perusahaan pimpinannya.

"Kami tentunya memiliki pegawai yang beraneka ragam. Dan jelas milenial menyukai itu (Smart Digital Workplace)," ucapnya kepada Tekno Liputan6.com di gelaran Aruba APAC Atmosphere 2018 yang dihelat di Bangkok, Thailand, Rabu (5/9/2018).

Keerti lalu menambahkan, "Ada proses adaptasi untuk pegawai yang lebih tua."

Ketika Aruba bertransformasi menuju model kantor terbaru, Keerti menyebut pegawainya malah senang sebab memahami perubahan itu membawa dampak positif.

"Mereka sekarang bisa melihat bahwa hal ini bisa menjadi lebih baik," ucapnya.

Ia menganggap adanya kekhawatiran terhadap perubahan menuju teknologi karena faktor ketidaktahuan. "Karena kamu tidak tahu, maka kamu takut," jelas Keerti.

Dia menekankan, perkembangan teknologi di tempat kerja, seperti lewat Smart Digital Workplace, justru tidak memaksa pegawai ke sebuah sistem tertentu, melainkan memberikan solusi bagi pegawai agar kantor lebih pas bagi mereka.

"Gagasannya bukan satu dicocokkan untuk semua, gagasannya adalah membuat personalisasi tempat kerja yang pas untukmu," tandasnya.

Karyawan Lebih Puas Kerja di Kantor dengan Teknologi Maju

Aruba Atmosphere 2018 APAC. Dok: Tommy Kurnia/Liputan6.com

Studi terkini menunjukkan bahwa semakin mutakhir teknologi di kantor, para karyawan pun semakin puas. Produktivitas dan motivasi mereka pun ikut meningkat.

Studi tersebut bertajuk "Digital Revolutionaries Unlock the Potential of the Digital Workplace" yang dirilis Aruba, perusahaan penyedia solusi teknologi.

Studi ini melibatkan 7.000 karyawan di 15 negara pada 2015 dan ada hasil menarik mengenai persepsi karyawan mengenai teknologi digital di kantor.

"Tempat kerja adalah cerminan dari dirimu sebagai brand. Tidak hanya untuk mereka yang datang ke tempat usaha Anda, tapi juga bagi para pegawai," ucap Keerti Melkote, pendiri dan presiden Aruba pada pembukaan Atmosphere 2018 APAC.

Dalam studi Aruba, 74 persen responden mengaku lebih puas dalam bekerja berkat teknologi di kantor, 70 persen lebih mungkin mendapat keseimbangan hidup dan kerja, 56 persen lebih termotivasi, dan 75 persen merasa situasi kerja lebih baik.

Angka yang lebih tinggi ditemukan ketika responden ditanya tentang produktivas di kantor.

73 persen melaporkan peningkatan produktivitas dan 71 persen menjadi lebih kolaboratif. 93 persen pegawai juga sepakat penggunaan teknologi digital memberi pengaruh positif di kantor.

"Para perusahaan berusaha menciptakan kembali bisnis mereka menuju digital," ujar Alan Ni, Director of Vertical Marketing Aruba.

Dia menambahkan, 64 persen pegawai takut tertinggal bila perusahaan tidak mengadopsi perkembangan teknologi.

71 persen karyawan pun antusias menyambut meluasnya perkembangan teknologi dalam perusahaan di 5-10 tahun ke depan.

Keerti pun memberi penjelasan mengenai betapa pentingnya teknologi di kantor bagi kaum milenial.

"Untuk milenial terutama, tempat kerja memainkan peran besar. Memiliki tempat kerja yang menarik menambah kebetahan mereka dan dalam mengembangkan bakat," jelas Keerti.

(Tom/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral, Surat Direktur Rumah Sakit ke Jokowi tentang Belum Dibayarnya BPJS Kesehatan

Posted: 05 Sep 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Belum lama beredar surat dari seorang direktur sebuah rumah sakit yang memberitahukan perihal keterlambatan pembayaran honor dokter spesialis atau dokter gigi. Sang direktur, dalam akun facebooknya menyampaikan dengan jelas sebagai berikut keluhannya;

Assalamu'alaikum wr, wb,

Kepada Presiden JOKOWI...

Hari ini tgl 4 September 2018

Saya, membuat suatu keputusan yang berat dan tidak populer sebagai pimpinan RS.

Saya membuat surat kepada dokter-dokter sejawat yang sudah melayani pasien tetapi tidak bisa saya bayar dan terpaksa di tunda pembayaran nya oleh karena belum ada nya pembayaran Klaim dari pihak BPJS Kesehatan kepada RS kami yang sudah jatuh tempo sebesar 6.6 M, imbas dari defisitnya anggaran dari pihak BPJS yang kabarnya sampai Trilyunan rupiah.

Bapak presiden, kami tidak anti BPJS Kesehatan, tolong perkuat pendanaan BPJS Kesehatan agar kami bisa hidup.

Kami Rs Swasta yang tidak pernah mendapatkan subsidi sedikit pun dari pemerintah, hanya meminta kepastian pembayaran dari BPJS Kesehatan.

Saya bertanggung jawab kepada 388 orang karyawan saya dan keluarganya, apabila BPJS masih juga blm bisa membayar kepada RS apa jadi nya nanti mereka semuanya.

Saya saja berani, mengeluarkan kebijakan yang tidak populer.

Saya harap Pa Jokowi juga berani mengeluarkan kebijakan yang tidak populer ditahun politik ini demi menyelamatkan BPJS Kesehatan, Rumah sakit, Dokter dan Masyarakat yang langsung merasakan manfaat BPJS Kesehatan ini.

Semoga BPJS Kesehatan bisa mengobati diri nya sendiri.

Agar kami RS swasta bisa hidup di era JKN yang semakin sulit ini dan bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk seluruh pasien.

#savebpjskesehatan#saverumahsakitswasta#savedokterindonesia#IDI#ARSSI

Wassalamualaikum wr, wb,

dr. Pundi ferianto, MARSDirektur

Jawaban

Tahu suratnya viral di media sosial, akun Pundi Ferianto membuat status lagi di dinding Facebooknya, berbunyai : 

Assalamualaikum wr, wb,

Tidak menyangka postingan saya surat terbuka untuk Bapak Presiden Jokowi menjadi viral..

Saya tegaskan, postingan itu tidak untuk menjatuhkan siapa pun, apalagi Pak Jokowi presiden kita, pimpinan kita semua di NKRI ini.

Saya hanya menyampaikan permasalahan di Rumah Sakit saya terkait blm dibayarkan klaim BPJS yang berdampak kepada penundaan pembayaran jasa medis ke dokter bahkan ke perusahaan farmasi.

Harapan nya : 1. BPJS sehat, krn masih banyak yang merasakan manfaat dari BPJS.2. Rumah sakit sehat, agar bisa melayani pasien dengan baik.3. Dokter sejahtera, agar dapat lebih baik melayani pasien.4. Masyarakat juga lebih mudah mengakses pelayanan di Rumah sakit.

Terimakasih kepada yang sudah komen mau pun share postingan saya kemaren, sama-sama berjuang agar pelayanan kesehatan di indonesia menjadi lebih baik lagi.

Semoga Pa Presiden Jokowi sehat selalu dalam memimpin NKRI yang kita cintai ini.

Salam hormat pa...

#loveindonesia#savebpjs#saverumahsakitswasta#savedokterindonesia#damailahindonesiaku

 

Sayang, sampai berita ini dibuat, pihak BPJS Kesehatan Pusat belum memberi jawaban atas persoalan ini. Liputan6.com sudah kontak ke Humas dan Direktur Utama, tapi belum ada jawaban. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat Minta Roy Suryo Segera Selesaikan Masalah Barang Kemenpora

Posted: 05 Sep 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Panjaitan telah meminta Roy Suryo untuk segera menyelesaikan polemik Barang Milik Negara (BMN) yang belum dikembalikan saat Roy menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Hal itu, kata dia, perlu dilakukan untuk menghentikan kegaduhan.

"Dari partai sudah meminta beliau untuk menyelesaikan ini, sehingga betul-betul clear dari kegaduhan dan perbincangan publik yang menurut saya menghabiskan energi kita juga," kata Hinca di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Hinca menyerahkan sepenuhnya mekanisme penyelesaian pada Roy Suryo. Sebab, lanjutnya, hanya Roy yang bisa menyelesaikan dan mengklarifikasi masalah tersebut.

"Saya juga bingung kalau disebut angka-angka sebanyak itu. Tapi toh itu temuan oleh BPK, jadi angka dan data itu harus diklarifikasi oleh Mas Roy nya sendiri. Karena yang paling tahu itu Mas Roy," ungkapnya.

Partai Demokrat, tambah Anggota Komisi III DPR ini juga mendukung penyelesaian masalah kesecara kekeluargaan. Dia pun menyarankan baik Roy Suryo atau Kemenpora duduk bersama dan melakukan pengecekan lebih lanjut.

"Kalau kita bilang selesaikan dengan baik, dan langkah-langkah yang dilakukannya tentu akan terbaiklah menurut pandangan kami, bertemu langsung dan kami menyarankan itu untuk kroscek langsung duduk sama-sama mana yang menjadi soal dan mana yang dituduhkan itu, itu yang lebih baik, dengan demikian semua bisa selesai," ucapnya.

 

Kata Roy Suryo

Diketahui, Kemenpora menyurati mantan Menpora Roy Suryo untuk mengembalikan barang milik negara selama menjabat 15 Januari 2013 hingga 20 Oktober 2014. Roy Suryo membantah belum mengembalikan 3.226 aset negara selama menjadi Menpora seperti surat dilayangkan Kemenpora.

"Terhadap aset BMN Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan masih saya bawa? Padahal tidak sama sekali," kata Roy Suryo.

 

Reporter: Sania Mashabi

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Efek Dolar Naik, Pengusaha Tahu Perkecil Ukuran Produksinya

Posted: 05 Sep 2018 09:21 PM PDT

Pekerja memproses kacang kedelai menjadi tahu di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja memproses kacang kedelai menjadi tahu di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu goreng di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu goreng di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu goreng di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu goreng di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengrajin melakukan proses pembuatan tahu di kawasan Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pengrajin melakukan proses pembuatan tahu di kawasan Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu goreng di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu goreng di Sukaraja, Bogor, Kamis (6/9). Naiknya harga kedelai impor akibat melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS membuat pengrajin mengurangi ukuran dan takaran pembuatan tahu. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Cara Ariel NOAH Tutupi Aib Saat di Pesawat

Posted: 05 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai aktivitas selebritas tentu tak lepas dari sorotan penggemar. Mulai dari hal besar hingga yang sepele pun terkadang menjadi masalah yang dibesar-besarkan.

Seperti yang terjadi pada Ariel NOAH baru-baru ini. Bermula ketika pemilik nama Narzril Irham itu mengunggah foto di dalam kabin pesawat, penggemar pun menyorotinya. Dalam foto itu Ariel tampak duduk dekat jendela di samping gitaris NOAH, Uki.

Penampilan Ariel NOAH menjadi sorotan karena wajahnya ditutupi sebuah masker hitam. Mantan kekasih Sophia Latjuba itu terlihat serius membaca buku dengan ukuran cukup tebal.

"Simpen ah buat kenang-kenangan. Pict by @luckhakim," tulis Ariel.

Rupanya penampilan Ariel NOAH dengan masker di dalam pesawat menjadi sorotan warganet. Padahal, jika sering melihat aksi para selebritas Korea, banyak juga yang mengenakan masker seperti Ariel.

Warganet menanyakan alasan Ariel mengenakan masker saat berada di dalam pesawat. "Di pesawat pake masker banyak polusi kang," kata akun Zaidly_.

 

Simak juga video berikut ini:

Jawaban Ariel

Setelah bercerai dengan Sarah Amalia pada 2008, Ariel NOAH belum menikah lagi. Saat ini Ariel sedang dikabarkan menjalin kasih dengan Sophia Latjuba. (Adrian Putra/Bintang.com)

Tak diduga, komentar netizen tersebut mencuri perhatian Ariel. Dia langsung membalas pertanyaan tersebut dengan jawaban serius tapi santai.

"Bukan, naik pesawat/airport itu tempat bertemunya orang2 dari berbagai macam tempat, (apalagi kalau terbang jauh/internasional). Kalau badan lagi gak fit, gampang terserang virus yg menular dari udara, pakai masker di airport, atau pesawat yang sebenernya buat pencegahan seperti itu," tulis Ariel.

View this post on Instagram

Simpen ah buat kenang-kenangan. Pict by @luckhakim

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Multifungsi

Ariel NOAH (Instagram/@ariel_inst)

Namun, di bagian akhir jawabannya, Ariel sempat berkelakar jika masker yang dipakai di wajah juga punya kegunaan lain, yakni menutupi aibnya jika tertidur dalam keadaan menganga.

"Atau juga kalau buat tidur mangap jadi gak keliatan," balas Ariel. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persija Vs Selangor FA: Macan Kemayoran Bakal Maksimal

Posted: 05 Sep 2018 09:15 PM PDT

Jakarta Persija Jakarta bersiap menghadapi Selangor FA di laga uji coba sore ini. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Patriot, Bekasi.

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco, menyebut laga ini akan berjalan sengit. Namun, Cugurra percaya timnya akan memberikan penampilan maksimal.

Laga ini menjadi yang pertama buat Persija Jakarta setelah libur hampir sebulan karena penyelenggaraan Asian Games 2018. Teco menyebut, laga melawan Selangor FA baik untuk persiapan jelang perhelatan Liga 1 2018.

Seperti diketahui, pekan  depan, Persija akan menghadapi Borneo FC di lanjutan Liga 1. Nah, laga lawan Selangor ini jadi pemanasan ideal.

"Pertandingan melawan Selangor FA sebagai persiapan untuk Liga 1 sebelum melawan Borneo FC. Bermain di Bekasi bagus untuk tim dan juga suporter," kata Teco dalam konferensi pers jelang laga Persija vs Selangor.

 

 

Waspadai Dua Pemain

Ilham Udin Armaiyn jadi kapten Selangor FA saat uji coba melawan Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan (4/9/2018). (Bola.com/Aditya Wany)

Selain itu, Teco menyebut setidaknya ada dua pemain yang wajib diwaspadai timnya dalam laga melawan Selangor FA. Dua pemain itu adalah Rufino Segovia dan Ilham Udin Armaiyn.

"Ada pemain Selangor FA yang berbaha yakni yang berasal dari Spanyol. Selain itu, ada juga Ilham Udin yang bermain sangat bagus. Itu juga terlihat ketika dia bermain di Bhayangkara FC musim lalu," ujar Teco.

 

Takluk dari Madura United

Persija menjadi klub Indonesia kedua yang dihadapi Selangor FA pada September 2018. Sebelumnya, tim asuhan Mehmet Durakovic itu takluk 1-4 melawan Madura United di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan, Selasa (4/9/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertamina Ambil Alih Pengelolaan Blok South East Sumatera dari China

Posted: 05 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina melalui anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) resmi mengambil alih 100 persen pengelolaan wilayah kerja (WK) South East Sumatera (SES) dari operator lama China National Offshore Oil Corporation (CNOOC). Pengambilalihan tersebut dilakukan tepat Kami s)6/9/2018) pukul 00.00 WIB. 

Blok South east Sumatera dioperasikan oleh PHE Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) sebagai operator baru.

Seremoni alih kelola dilakukan di Pulau Pabelokan, Kabupaten Kepulauan Seribu yang menjadi salah satu lokasi penting dalam operasi lepas pantai di Blok SES.

Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Dharmawan Samsu, PTH Direktur Utama PHE Huddie Dewanto, dan Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi.

Seremoni alih kelola ditandai dengan pemakaian atribut Pertamina oleh Pekerja yang kini menjadi Pekerja PHE OSES dan penyerahan dokumen alih kelola kepada PHE OSES.

Blok SES merupakan salah satu penghasil minyak dan gas bumi terbesar di Indonesia. Hingga Agustus 2018, tercatat produksi minyak dan gas bumi di Blok SES sebesar 31.120 barel per hari (bph) dan 137,5 juta standard kaki kubik per hari (mmscfd).

"Blok SES memiliki nilai strategis dalam industri migas di tanah air dalam mendukung pencapaian target produksi nasional untuk mencapai ketahanan energi nasional," ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu, dalam keterangan tertulis.

Hasil produksi gas lapangan South East Sumatera digunakan untuk pembangkit listrik milik PLN di Cilegon. Sedangkan produksi minyak dari Blok SES sebelum alih kelola diekspor seluruhnya. Namun, setelah alih kelola oleh PHE OSES, seluruh produksi minyak akan diproses sepenuhnya di kilang-kilang Pertamina untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar dalam negeri.

Untuk memastikan kelancaran alih kelola pasca-terminasi, Pertamina melalui anak usahanya, PHE telah melakukan kajian operasi dan Quality, Health, Safety, Security & Environment (QHSSE) serta beberapa kali melakukan kunjungan lapangan.

"WK SES merupakan lapangan yang telah mature, sehingga berbagai kajian terkait QHSSE penting agar PHE bisa mengimplementasikan operational excellence di lapangan SES," ujar PTH Direktur Utama PHE Huddie Dewanto.

 

Blok Pioner

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi menyerahkan plakat WK SES kepada Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu di Pulau Pebelokan, Kepulauan Seribu, Rabu (5/9). PT Pertamina resmi menjadi operator WK Migas Southeast Sumatera. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Blok SES merupakan salah satu pioneer dalam kontrak bagi hasil (PSC) lepas pantai di Indonesia. Kontrak bagi hasil Blok SES ditandatangani pertama kali pada 6 September 1968 atau kini telah berusia 50 tahun.

Selama beroperasi, Blok SES pernah mengalami masa puncak produksi pada Juli 1991 dengan produksi harian sebesar 244.340 bph.

Pada 20 April 2018, Pertamina mendapatkan penugasan pemerintah untuk mengelola 8 WK yang habis masa kontraknya di tahun 2018. Seratus persen participating interest delapan blok tersebut, salah satunya Blok SES diserahkan kepada Pertamina, dimana secara jangka panjang lapangan yang sudah cukup lama dikelola tersebut, diharapkan dapat memberikan nilai positif bagi ketahanan energi nasional.

Kepala SKK Migas Amien Sunaryadi mengatakan, dengan sistem kontrak kerja sama gross split, PHE OSES diharapkan dapat berproduksi dengan lebih efektif dan efisien.

"Komitmen Pasti tiga tahun WK SES sebesar US$130 juta, baik untuk kegiatan eksploitasi maupun eksplorasi diharapkan dapat menambah cadangan terbukti juga meningkatkan produksi," kata dia. 

 

Atasi Penurunan Produksi

Ilustrasi tambang migas (iStockPhoto)

Dalam empat tahun terakhir, tercatat produksi di blok  SES stabil dan cenderung menurun di kisaran 31 ribu bph karena adanya natural decline.

"Tantangan bagi kami adalah bagaimana mengoperasikan lapangan ini secara efisien tanpa mengesampingkan aspek HSSE dan Operational Excellence serta mencari terobosan-terobosan baru untuk meningkatkan produksi," ujar Huddie.

Menghadapi tantangan tersebut, PHE OSES telah menyiapkan sejumlah rencana kerja untuk menahan laju penurunan alamiah di lapangan SES melalui komitmen tiga tahun, diantaranya adalah Studi Geology, Geophysics, Reservoir and Production (GGRP), studi Enhanced Oil Recovery (EOR), Seismik, workover dan well services, field reactivation, pemboran infill, serta perawatan, inspeksi dan sertifikasi kehandalan fasilitas.

Selain itu, sebagai bagian dari penandatanganan PSC-Gross Split, kontraktor mendapatkan bagian split sebesar 68,5 persen untuk produksi minyak dan 73,5 persen untuk produksi gas bumi.

Bagian split tersebut telah memperhitungkan base dan variable split berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 52 tahun 2017.

"Dengan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Pertamina, kami yakin mampu mengoperasikan WK SES untuk menjaga ketahanan energi nasional," ujar Huddie.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: JPO Cengkareng Nyaris Roboh, Warga Menyeberang di Jalanan

Posted: 05 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Akibat tidak kunjung diperbaikinya JPO Cengkareng, warga terpaksa menyeberangi jalan sambil dibantu polisi. JPO sudah hampir roboh, dan tidak ada perbaikan dari Pemprov DKI.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Langkah Menghilangkan Mata Panda Selamanya

Posted: 05 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Mata panda bisa merusak keseluruhan penampilan Anda. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh untuk beregenerasi dan memperbaiki diri sendiri akan menghilang, termasuk masalah mata panda.

Dilansir dari self.com, berikut ini adalah beberapa langkah menghilangkan mata panda untuk selamanya. Penasaran seperti apa?

1. Pastikan alergi musiman atau lingkungan bukan penyebab masalahnya

Alergi bisa menjadi penyebab dari munculnya mata panda dan mata bengkak yang kadang-kadang membutuhkan perawatan medis. Sebaiknya, tandai alergen mana yang sekiranya berkontribusi pada gejala Anda.

2. Tidur selama delapan jam

Kurang tidur bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membesar dan menciptakan warna gelap di bawah kulit. Kelelahan juga bisa menyebabkan bengkak, yang kemudian menjadi mata panda.

3. Berinvestasi pada krim pencerah mata dan gunakan di pagi hari

Area di bawah mata jauh lebih sensitif, tipis, dan rapuh dibandingkan area wajah lainnya. Carilah krim mata yang mengandung kafein sebagai bahan utamanya untuk membantu mengurangi kantong mata dan mata panda.

Tabir surya dan concealer

Ilustrasi mata panda (iStockphoto)

4. Jangan pernah melewatkan penggunaan tabir surya

Tabir surya adalah langkah penting dalam perawatan kulit yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda ingin menghilangkan mata panda. Kulit di sekitar mata sangat sensitif terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Untuk menghindari kepekaan dan iritasi, pastikan formula krim mata yang Anda gunakan cukup lembut. Selain itu, gunakan juga kacamata hitam jika Anda harus berada di luar ruangan ketika sinar matahari sedang terik.

5. Menggunakan concealer yang sesuai dengan undertone

Setelah menggunakan krim mata, Anda juga bisa mengaplikasikan concealer untuk benar-benar menghilangkan mata panda. Namun, carilah yang bekerja paling baik pada warna kulit Anda.

Menghapus makeup dan menggunakan krim mata

Ilustrasi mata panda (iStockphoto)

6. Menghapus makeup secara menyeluruh sebelum tidur

Menghapus makeup sebelum tidur akan memungkinkan pori-pori Anda untuk bernapas dan meremajakan kulit. Jangan ragu untuk membeli produk terbaik, karena menggunakan produk yang salah hanya akan menyebabkan peradangan serius dan merusak kapiler, semakin menonjolkan mata panda.

7. Mengaplikasikan krim mata yang memang khusus dibuat untuk malam hari

Pastikan Anda menggunakan produk krim mata yang mengandung retinol karena dapat bekerja keras untuk memudarkan pigmen gelap dan membantu memproduksi kolagen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Materazzi Nilai Inter Milan Masih Sulit Saingi Juventus

Posted: 05 Sep 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Marco Materazzi menilai Inter Milan bakal sulit menyaingi Juventus musim ini. Meski begitu, Inter Milan sudah melakukan perombakan skuat musim panas kemarin.

Nerazzurri mendatangkan setidaknya delapan pemain anyar untuk membuat skuat mereka lebih kuat di musim 2018-2019 ini. Beberapa di antaranya merupakan nama yang tidak asing, seperti Radja Nainggolan dan Sime Vrsaljko.

Di sisi lain, Juventus tidak begitu aktif dalam mendatangkan penggawa anyar. Namun, kehadiran Cristiano Ronaldo, yang dibeli dari Real Madrid, sudah cukup untuk membuat mereka mencuri perhatian penikmat sepak bola di seluruh dunia.

Setelah membandingkan komposisi skuat musim ini, Materazzi berkesimpulan bahwa Inter Milan masih belum sekuat Juventus. Terlebih jika ia melihat nama-nama penghuni bangku cadangan Bianconeri.

"Untuk Inter Milan mencapai Juve, mereka harus menang besar dan membeli beberapa pemain hebat lagi," ujar Materazzi kepada Gazzetta dello Sport.

"Juventus saat ini memiliki [Paulo] Dybala, Douglas Costa, dan favorit saya, [Andrea] Barzagli di bangku cadangan," dia menambahkan.

 

Makin Kuat

Striker Inter Milan, Lautaro Martinez, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Atletico Madrid di Stadion Wanda Metropolitano, Minggu (12/8/2018) dini hari WIB. (Twitter Inter Milan)

Bagi Materazzi, rival bebuyutan bekas klubnya itu merupakan tim yang legendaris dan sudah tidak bisa dibandingkan lagi. Kehadiran Ronaldo membuatnya semakin yakin bahwa Bianconeri akan berjuang untuk meraih gelar Liga Champions.

"Mereka benar-benar merupakan tim legendaris, salah satu yang berada di puncak dan membuat sejarah, tetapi mereka mengetahui itu. Mereka membeli Cristiano Ronaldo dan ingin menjuarai Liga Champions," ujarnya.

Juventus sempat merasakan sensasi bermain di final Liga Champions pada tahun 2015 dan 2017 dulu. Sayangnya, skuat asuhan Massimiliano Allegri tersebut selalu ditumbangkan oleh dua klub raksasa Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mau Berangkat Umrah, Terapkan Hal Berikut Ini

Posted: 05 Sep 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta

Pergi beribadah ke tanah suci di Makkah menjadi salah satu cita-cita mayoritas orang Islam. Namun, selain membutuhkan waktu dan energi, pergi umrah juga memerlukan biaya tidak sedikit.

Yap, hal itu tergantung dengan isi dompetmu. Jadi, nanti bisa disesuaikan dengan dana Anda. sebagai contoh, dengan paket umrah yang murah, Anda bisa mendapatkan akomodasi dan layanan minimalis. Sebaliknya, bila paket mahal, Anda bakal dapat fasilitas dan layanan lebih bagus.

Dihimpun dari Liputan6.com, ada beberapa strategi yang perlu diterapkan agar umrah Anda sesuai harapan.

Pilih paket umrah

Ilustrasu binggung memilih paket umrah

Biasanya agen umrah menawari berbagai pilihan paket. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Mulai dari yang 9 hari sampai 12 hari. Cermati paket tersebut, pilih sesuai keuangan Anda.

Ingat, semakin lama waktu umrah tentu biayanya juga akan semakin mahal. Namun, jikalau Anda membawa serta orangtua alangkah lebih baiknya memilih paket umrah yang lebih mahal. Kenapa?

Pasalnya, akan lebih nyaman bukan memilih paket umrah yang memberikan kenyamanan lebih. Pertimbangkan faktor kenyamanan supaya ibadah Anda di Tanah Suci bisa berjalan lancar.

Siapkan pendanaan

ilustrasi pendanaan startup. foto: techanddesign.ca

Banyak paket umrah yang murah, tapi hati-hati memilih paket tersebut. Pasalnya, beberapa agen umrah yang bermasalah. Memberikan harga murah namun entah umrahnya. Nah, biasanya untuk biaya umrah tahun ini dipatok kisaran dari Rp 20 juta.

Agen travel biasanya meminta Anda membayar uang muka terlebih dulu. Besarnya beragam tergantung agen travel tersebut, ada yang bisa di bawah Rp 10 juta atau bahkan 60 persen dari total harga paket.

Untuk mendapatkan uang senilai itu, Anda bisa menabung dari uang gaji atau usaha. Anda bisa pula investasi di berbagai produk keuangan ataupun investasi logam mulia, seperti emas.

Menabung

Ternyata 4 hal berikut ini bisa membuat tabungan Anda bertambah. Unik!

Kini, beberapa lembaga keuangan, seperti bank syariah sudah banyak yang menyediakan produk pembiayaan untuk mereka yang ingin pergi umrah. Produknya mirip dengan kredit tanpa agunan namun disediakan dengan akad syariah, yaitu akad jual beli manfaat atau jasa (ijarah multijasa).

Biasanya untuk fasilitas pembiayaan seperti ini, Anda perlu memberikan uang muka sebesar 10 persen dengan limit pembiayaan mulai Rp 10 juta sampai Rp 150 juta.

Cicilan bisa dilakukan setelah umrah selesai dengan rentang waktu hingga 36 bulan.

Bila memang memilih memakai pembiayaan bank, pastikan Anda telah menghitung beban cicilan dan untung rugi memakai fasilitas pembiayaan tersebut.

Ikut program umrah

Program Umrah gratis dari Yamaha

Sebagai cara lain, Anda bisa ikut program undian yang menyediakan umrah sebagai hadiahnya. Tidak ada salahnya bukan. Seperti program umrah dari Yamaha Indonesia.

Yamaha Motor secara resmi mengumumkan nama para pemenang program umrah. Para pemenang berhak atas hadiah yang ditetapkan melalui pengundian tahap pertama yang telah dilakukan pada Senin, (30/8) di kantor pusat PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di Pulogadung, Jakarta Timur.

Pengundian dilaksanakan di hadapan perwakilan Kementerian Sosial, notaris dan kepolisian serta dihadiri oleh management PT YIMM. Para pemenang berasal dari berbagai area yang telah membeli motor-motor Yamaha termasuk skutik MAXI Yamaha teranyar Lexi.

Program umrah ini merupakan apresiasi Yamaha Motor kepada konsumen. Yamaha juga makin memanjakan konsumen karena para pemenang tidak dikenakan pajak.

Selengkapnya untuk nama-nama pemenang program umroh tahap pertama ini dapat unduh di sini.

Program umroh Yamaha ini digelar mulai dari bulan April - September 2018. Konsumen masih bisa mengikuti tahap kedua Juli – September untuk pembelian semua tipe sepeda motor Yamaha.

Untuk pembelian sepeda motor Yamaha mendapatkan 1 nomor undian. Jumlah nomor undian bisa ditambah sesuai aturan yang berlaku :

1. Pembelian Yamaha Blue Core series (selain MAXI Yamaha) mendapatkan 2 nomor undian

2. Setelah konsumen membeli dan register di tautan ini

3. Pembelian di spesial event (Blue Core Yamaha Motor Show) mendapatkan tambahan 1 nomor undian

4. Setelah membeli lalu upload ke sosial media mendapatkan tambahan 1 nomor undian dengan hashtag #UmrohBersamaYamaha #Kota #TipeMotor. 

Secara total sebanyak 63 orang pemenang akan diberangkatkan pada bulan November 2018 dan Februari 2019.

Perlu diketahui, program umrah masih berjalan sampai bulan September 2018. Dengan tahap satu sudah diundi. Nantinya, akan ada pengundian tahap 2 untuk periode Juli – September 2018. Rencananya, pengundian bakal digelar pada minggu ketiga bulan Oktober 2018.

Untuk informasi lebih lanjut dapat klik tautan ini.

 

(Adv)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Saksikan Penampilan Via Vallen dan Raih Kesempatan Memenangkan 9,9 M! Caranya?

Posted: 05 Sep 2018 09:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Via Vallen sedang melejit di belantika musik Tanah Air. Penyanyi dangdut ini dikenal oleh masyarakat luas setelah single-nya yang berjudul Sayang diluncurkan pada 2017.

Lagu tersebut menjadi fenomenal dan digemari para penikmat musik Indonesia. Bahkan, video musik lagu Sayang sudah ditonton lebih dari seratus juta kali di YouTube.

Sejak saat itu, fans Via yang tergabung dalam Vyanisty kian bertambah banyak dan ia semakin sering diundang konser di berbagai tempat. Masih segar dalam ingatan penampilan terbaru dari Via pada opening ceremony Asian Games 2018 beberapa waktu lalu.

Apakah kamu juga salah satu fans wanita yang sering disebut mirip dengan Isyana Sarasvati tersebut? Kalau kamu mengidolakan Via dan ingin menyaksikan penampilannya lagi, ada kabar gembira nih buat kamu.

Pada akhir pekan ini, tepatnya pada Minggu (9/9/2018), Via akan tampil di Shopee 9.9 Shopping Day yang akan disiarkan di ANTV pada Minggu (9/9/2018) pukul 19.00-21.00. Dia akan menghibur para penggemar dengan lagu-lagu andalannya.

Selain Via, ada beberapa penyanyi lain yang juga akan tampil dalam acara tersebut. Mereka adalah Armada, Afgan, dan Dewi Persik.

Ada pula penampilan spesial dari pesulap Demian Aditya dalam acara yang dipandu oleh Raffi Ahmad, Prilly Latuconsina, dan Maxime Bouttier tersebut. Belum berhenti di situ, bintang tamu internasional dari India, yaitu Gurmeet Choudary, Mansi Sharma, dan Vin Rana juga akan menyapa para fansnya di Indonesia.

Promo menarik dan grand prize

Variety Show Shopee 9.9 Shopping Day akan menyajikan rangkaian kegiatan menarik. Selain hiburan musik dari Via Vallen dan beberapa penyanyi ternama lain, ada pula games seru dan promo spesial dari Shopee.

Penonton memiliki kesempatan mengikuti Game Super Goyang Shopee 9.9 M dan memenangkan empat grand prize besar! Jadi, dalam acara tersebut akan ada empat sesi Super Goyang Shopee 9.9 M. Di setiap sesi, sobat setia Shopee bisa mengumpulkan koin Shopee sebanyak-banyaknya dan memenangkan hadiah dengan total Rp 9,9 miliar serta satu unit mobil Mitsubishi Pajero Dakar.

Seru banget kan? Supaya enggak kelewatan kesempatan emas tersebut, jangan lupa tonton Shopee 9.9 Shopping Day di ANTV pada Minggu (9/9/2018) pukul 19.00-21.00. Acara ini juga dapat disaksikan lewat channel streaming YouTube Shopee, lho.

Sebagai informasi, saat ini Shopee sedang menyelenggarakan festival belanja mulai dari 27 Agustus hingga 9 Agustus 2018. Selama 14 hari tersebut, sobat setia Shopee mendapatkan berbagai penawaran super, di antaranya Shoppee Super Flash 99 Rupiah dan Super Brand Day Diskon 99%. Khusus pada Minggu (9/9/2018), flash sale yang menawarkan beragam produk menarik dengan harga Rp 99 akan muncul sebanyak 14 kali, lho.

Sekali lagi, jangan lupa tonton Shopee 9.9 Shopping Day di ANTV pada Minggu (9/9/2018) pukul  19.00-21.00 ya!

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Generasi Pesona Indonesia Sumatera Utara Hadirkan Destinasi Digital Pasar Jumpa Tengah

Posted: 05 Sep 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Medan Destinasi digital karya Generasi Pesona Indonesia (GenPI) makin bertambah banyak. Kali ini, giliran GenPI Sumatera Utara (Sumut) yang melakukan gebrakan melalui Pasar Jumpa Tengah yang diluncurkan. Pasar ini akan diluncurkan pada Minggu (9/9/2018).

Menurut Ketua GenPI Sumut, Fito Fitato, destinasi yang berada di Area GOR Asber Nasution, Tebing Tinggi, tersbut menawarkan paket komplet untuk kaum milenial.

"Ini baru soft launching, dimana launching-nya akan dilaksanakan 16 September. Tapi pasti kami akan kemas semaksimal mungkin. Pokoknya super seru," ujarnya, Selasa (4/9/2018).

Pasar Jumpa Tengah memiliki destinasi yang menarik, mulai dari spot foto yang Instagramable, atraksi seru, hingga berbagai permainan tradisional. Ada permainan enggrang, patok lele, gangsingan, yoyo, dan congklak.

"Ini sengaja kami hadirkan sebagai sebuah flashback bagi generasi milenial. Dimana saat ini permainan rakyat seperti ini sulit ditemukan. Keseruan masa kecil tentunya menjadi nostalgia yang tak tergantikan," ucap Fito.

Soal kuliner juga dijamin memuaskan. Lezatnya kuliner khas Sumatera siap memanjakan pengunjung. Ada lemang susu, lemang srikaya, lontong pedas manis, dan beberapa makanan lain. Semuanya dijamin lezat dan murah meriah.

"Kulinernya homie banget lah pokoknya. Soalnya kuliner ini disajikan oleh warga sekitar. Ini juga sebagai sebuah wujud untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. Kami ingin destinasi ini berkontribusi aktif untuk membangun perekonomian masyarakat," kata Fito.

Kehadiran Pasar Jumpa Tengah tentunya akan membantu Kementerian Pariwisata yang menargetkan 100 destinasi digital tahun ini. Sebelumnya, destinasi digital sudah hadir di banyak daerah, seperti Pasar Mangrove Batam, Pasar Baba Boen Tjit Palembang, Pasar Siti Nurbaya Padang, Pasar Tahura Lampung, Pasar Bekelir Tangerang, Pasar Kaki Langit Yogyakarta, Pasar Karetan Kendal, dan Pasar Pancingan Lombok.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, pun semakin yakin destinasi digital akan meledak. Terlebih lagi, destinasi digital telah ditulis oleh akademisi dan praktisi bisnis ternama sekelas Rhenald Kasali.

"Apakah ini akan berpengaruh mendatangkan orang luar? Buktinya setiap kita buat destinasi digital, ribuan orang datang ke sana. Mereka ini (GenPI) hebat. Karena telah memenuhi kebutan para netizen. Mereka ingin selfie, Instagramable," ujarnya.

Arief menambahkan, kebutuhan seperti itu adalah kebutuhan untuk diakui. Tidak hanya terjadi di anak muda, tapi juga orang tua.

"Kalau ini meledak di anak muda dan Indonesia, maka akan meledak juga di dunia," ucapnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 : Cara Nyeleneh Bawa Barang Pakai Kendaraan

Posted: 05 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan atau alat transportasi tidak selalu berfungsi untuk mengantar orang ke satu tujuan. Kendaraan juga bisa mengantar barang agar lebih mudah dan cepat untuk dibawa dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Meski begitu, kendaraan juga punya kapasitas maksimal untuk mengangkut barang. Alih-alih membawa barang sesuai kapasitas, sejumlah orang ini justru maksa bawa barang besar melebihi ukuran kendaraan.

Karena amat unik, ada saja orang yang iseng menangkap momen kocak tersebut.

Artikel tentang tujuh cara nyeleneh orang bawa barang menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler, yakni hal pertama yang dilakukan dalam situasi ini ungkap sisi kepribadian. Sementara artikel tentang kantong plastik khas Indonesia jadi tas mahal di Eropa menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Cara Nyeleneh Bawa Barang Pakai Kendaraan, Bikin Bingung tapi Kocak

(Foto rangkuman dari Brilio.net)

Kendaraan atau alat transportasi memang sangat penting bagi banyak orang. Selain membantu kita sampai tujuan, kendaraan juga bisa mengangkut barang yang kita bawa menjadi lebih ringan.

Alih-alih membawa barang yang normal dibawa saat naik kendaraan, orang-orang ini malah membawa hal tak terduga. Ada yang membawa minicar di komuter hingga mengangkut pesawat. 

Selengkapnya..

2. Hal Pertama yang Dilakukan dalam Situasi Ini Ungkap Kepribadianmu

(Foto: © Brightside) Hal pertama kali yang kamu akan lakukan saat mengalami situasi ini ternyata bisa ungkap sisi kepribadianmu.

Ada beragam cara untuk mengungkap kepribadian. Salah satu cara yang mungkin sering dilakukan adalah mengetes kepribadian lewat tes gambar dan pilihan.

Selain dua cara itu, setiap harinya kita pasti dihadapkan dengan situasi tertentu. Ternyata tindakan yang kita ambil pertama kali bisa juga ungkap kepribadian. Tindakan yang akan kamu lakukan pertama kali dalam situasi ini bisa bicara banyak tentang kepribadianmu.

Selengkapnya..

3. Heboh, Kantong Plastik Khas Indonesia Jadi Tas Mahal di Eropa

(Foto: brilio.net)

Kantong plastik memang sering digunakan masyarakat untuk membungkus berbagai barang ketika berbelanja. Meski tampak tak berharga, jangan salah, ternyata kantong plastik kini jadi aksesori fashionmahal di Eropa.

Kali ini brand fashion ternama asal Spanyol tersebut merilis sebuah tas belanja yang mirip dengan kantong plastik.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

100 Orang Mengeluh Sakit di Penerbangan Emirates ke New York, Pesawat Dikarantina

Posted: 05 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, New York - Sebanyak 19 orang dilaporkan mengeluh sakit setelah sebuah pesawat maskapai penerbangan Emirates mendarat di New York, Rabu, 5 September 2018.

Pesawat itu kemudian dikarantina di Bandara Internasional John F. Kennedy, New York, setelah muncul kabar belasan orang tiba-tiba mengalami gangguan kesehatan di dalam kabin.

Setelah diperiksa oleh petugas medis, 11 orang dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan lebih lanjut. Sedangkan sisanya menolak pengobatan, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Kamis (6/9/2018).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS mengatakan bahwa awalnya sekitar 100 orang, termasuk beberapa awak kabin, mengeluh sakit. Penerbangan dengan nomor 203 dari Dubai itu, mendarat pukul 09.10 waktu setempat dengan mengangkut 521 orang penumpang.

Ambulans dan beberapa kendaraan darurat lainnya terlihat bersiaga di landasan ketika pesawat mendarat.

Penyanyi Vanilla Ice, yang kebetulan berada di dalam penerbangan tersebut, mengunggah video ke Twitter tentang tanggapan layanan darurat di landasan.

Segera setelah itu, maskapai penerbangan Emirates men-twit bahwa penumpang yang sakit sedang dirawat di rumah sakit terdekat, dan mereka yang tidak terpengaruh oleh "serangan misterius" itu diizinkan meninggalkan pesawat.

Dalam sebuah pernyataan, CDC mengatakan, "Sekitar 100 penumpang, termasuk beberapa awak di penerbangan, mengeluh sakit termasuk batuk, demam, dan gejala gangguan pencernaan".

Dikatakan bahwa setelah menyelesaikan evaluasi kesehatan pada semua orang di pesawat, 538 penumpang diperbolehkan pulang dan 11 orang lainnya dibawa ke rumah sakit setempat untuk dirawat.

"Penumpang yang telah dievaluasi dan dibebaskan (harus) menghubungi petugas kesehatan jika mereka mengalami gejala apa pun," saran badan kesehatan Negeri Paman Sam tersebut.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Belum Diketahui Penyebab Pasti

Penumpang meninggalkan pesawat Emirates Airline setelah menjalani pemeriksaan di Bandara Kennedy New York, Rabu (5/9). Sebanyak 100 dari sekitar 521 penumpang dan awak jatuh sakit selama terbang dengan pesawat dari Dubai ke New York. (Larry Coben via AP)

Seorang juru bicara Wali Kota New York, Bill de Blasio, mengatakan bahwa beberapa penumpang awalnya berasal dari Kota Makkah, Arab Saudi, yang saat ini mengalami wabah flu. Meski begitu, pihaknya mengaku belum bisa memastikan secara pasti penyebabnya.

Larry Coben, seorang penumpang di pesawat, mengunggah beberapa foto di Twitter, tentang penumpang yang tidak terpengaruh pemeriksaan ketat saat mereka turun.

Situs ABC News melaporkan bahwa pilot sempat khawatir sebelum mendarat karena beberapa penumpang batuk dan mengalami suhu tinggi.

Penumpang lain, Erin Sykes, mengunggah video sekelompok pejabat mengenakan pakaian pelindung, datang memeriksa penumpang dan seluruh isi kabin ketika mereka turun.

Seorang pejabat pemerintah mengatakan kepada stasiun televisi CBS News bahwa "tidak ada bukti adanya masalah keamanan atau teror".

Seorang penumpang kelas bisnis, Raghida Dergham, menambahkan kepada CBS News bahwa penumpang yang sakit, semuanya diketahui duduk di kelas ekonomi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies: Saya Tak Setuju Ada Program Ramah Anak

Posted: 05 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri perayaan Hari Anak Nasional (HAN) tingkat Provinsi DKI Jakarta di Ancol, Jakarta Utara.

Anies Baswedan mengharapkan dalam peringatan HAN ini Jakarta setiap harinya bisa menjadi hari anak, yakni dapat memberikan suasana ramah anak. Karena itu, dia tidak setuju dengan adanya program ramah anak.

"Saya tidak setuju kalau ada program ramah anak, itu aneh. Kalau sekolah iya, harus ramah anak," kata Anies, Kamis (6/9/2018).

Ketika memberikan sambutan, Anies sempat memberikan beberapa pertanyaan kepada anak-anak yang hadir dalam acara tersebut. Saat pertanyaan akan disampaikan, dia meminta dipanggil Paman Anies.

"Nama saya siapa? Anies siapa? Panggil saya Paman Anies," tutur Anies.

Setelah itu, dia memberikan pertanyaan mengenai Ibu Kota kepada anak-anak tersebut. Seperti halnya apa kepanjangan dari Monas.

"Paman punya pertanyaan ini, yang bisa jawab acungkan tangan. Pernah ke Monas? Apa kepanjangan Monas," ucap Anies Baswedan.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

Langsung Antusias

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Anak-anak langsung antusias berebut untuk menjawab pertanyaan. Anies pun kemudian menunjuk ke salah satu anak laki-laki bernama Rafa.

"Museum Nasional," jawab Rafa.

Kendati jawaban yang disampaikan Rafa salah, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut tetap memberikan hadiah. Anies menyebut hal itu merupakan bentuk apresiasi keberanian Rafa.

"Kalau sama anak-anak tidak ada yang benar tidak ada yang salah. Yang penting mencoba," jelasnya.

Selanjutnya Anies memberikan beberapa pertanyaan lanjutan dan masih seputar pengetahuan mengenai Jakarta, seperti halnya nama kebun binatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Kedelai Melonjak, Produsen Tempe Putar Otak untuk Bertahan

Posted: 05 Sep 2018 09:03 PM PDT

Sleman - Nilai tukar rupiah yang kini tertekan oleh dolar Amarika Serikat (AS) berdampak pada produksi tempe. Pasalnya, bahan utama tempe adalah kedelai yang saat ini masih didapat dari impor. Pelemahan rupiah membuat harga kedelai melonjak.

Harga kedelai terus merangkak naik dalam beberapa hari terakhir. Sejumlah pengusaha tempe bersiasat agar usaha mereka tetap berjalan tanpa harus menelan kerugian yang besar.

Seperti yang dilakukan pengusaha tempe asal Dusun Joho Sambisari, Desa Condongcatur, Kecamatan Depok Sleman, M Triono. Sejak lima hari terakhir harga kedelai naik antara Rp 400 hingga Rp 700 per kilogram. Padahal, setiap hari dia membutuhkan hampir 5 kuintal kedelai untuk membuat tempe.

"Harga kedelai sudah naik sejak lima hari ini. Untuk kedelai yang kualitas bagus, harganya Rp 8.000 per kilogram. Padahal, sebelumnya masih berkisar Rp 7.300 hingga Rp 7.600 per kilogram," ujarnya saat ditemui KRJOGJA.com di tempat produksi tempe, Rabu, 5 September 2018.

Meski harga kedelai naik, dia tidak bisa begitu saja menaikkan harga tempe. Sebab, pelanggan bisa lari dan itu justru membuatnya semakin rugi. Untuk itu, dia mengurangi ukuran tempe. Misalnya, biasanya dalam satu kemasan ada 6 ons. Sekarang berkurang 0,5 ons menjadi 5,5 ons.

Tempe buatannya dibagi dalam tiga kemasan, 800 gram, 500 gram, dan 300 gram dan dijual Rp 1.000 per gram, sehingga untuk kemasan 800 gram dia jual seharga R 8.000. Namun, dalam lima hari terakhir dia mengurangi 50 gram untuk setiap kemasan dengan harga jual sama.

"Nanti kalau harga kedelai turun, ukuran akan kita kembalikan seperti semua. Bahkan, saat harga kedelai murah, ukuran tempe kita pertebal. Karena beberapa pelanggan merasa beratnya lebih ringan," ujarnya.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ternyata, Kondom Bisa untuk Menambal Ban atau Memoles Interior Mobil

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Havana - Kondom atau alat kontrasepsi jamak ditemukan karena dikenal sebagai pengaman bahkan dapat mencegah terjadinya kehamilan saat berhubungan suami istri.

Namun kini, kondom memiliki sejuta fungsi. Bahkan di negera komunis seperti Kuba, Kondom banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

Salah satu yang cukup menarik, kondom bisa digunakan untuk alat tambahan reparasi ban atau tambal ban. Demikian dilansir Reuters.com, Kamis (6/9/2018).

Selain itu, pelumas yang ada pada kondom juga dimanfaatkan untuk memoles tampilan interior mobil agar jadi kinclong.

Tak hanya untuk sektor otomotif, fungsi kondom di Kuba bisa membantu fermentasi anggur, mengikat rambut, balon di hari ulang tahun, hingga untuk membantu nelayan mencari ikan.

Kuat dan elastis, menjadi hal utama. Selain itu, karena mendapatkan sanksi perdagangan dari Amerika Serikat dan sekitarnya, membuat Kuba mengalami berbagai markup harga soal barang-barang impor.

 

Selanjutnya

Karena itu, warga Kuba harus berfikir beberapa kali dan memanfaatkan sejumlah barang yang ada. Termasuk kondom.

Disebutkan, alat perlindungan terhadap infeksi menular akibat seks bebas ini baik dibuat secara lokal maupun impor dari negara-negara Asia relatif sangat murah. Murahnya harga kondom karena pemerintah turun memberikan subsidi.

Hal ini karena negara di kepulauan Karibia itu sangat fokus pada kesehatan seksual. Bahkan harga satu kotak kondom yang berisi tiga unit itu dijual hanya satu peso atau sekitar 4 sen dolar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lewati Target di Asian Games 2018, Wushu Ingin Latihan di GBK

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) ingin memindahkan lokasi latihan usai sukses melewati target di Asian Games 2018. PB WI berniat menggunakan Gelora Bung Karno (GBK) Arena Senayan sebagai pengganti tempat latihan di GOR Pertamina Simprug, Jakarta Selatan, menyusul evaluasi selepas Asian Games 2018.

"Hasil Asian Games, target dari pemerintah telah terpenuhi bahkan lebih. Kami akan menggelar evaluasi pada 9-11 September untuk membahas program berikutnya, terutama menghadapi SEA Games 2019 di Filipina," kata Sekretaris Jenderal PB Wushi Indonesia, Ngatino seperti dikutip antara.

Ngatino mengatakan atlet-atlet wushu disiplin taolu (jurus) dan sanda (tanding) akan mengikuti kejuaraan dunia taolu di Myanmar pada November dan kejuaraan dunia sanda di Tiongkok pada Oktober. Ini sebagai bagian dari kelanjutan program pelatnas jangka panjang.

"Kami sudah mengirim surat pada Jumat (31/8/2018) untuk meminta lokasi latihan di GBK Arena ke Kementerian Sekretariat Negara. Di sana juga akan ada beberapa tempat latihan. Kami akan evaluasi program kami sehingga atlet-atlet daerah juga semangat berlatih," katanya.

Selain pemindahan lokasi latihan, PB Wushu Indonesia juga akan melakukan promosi dan degradasi bagi atlet-atlet nasional wushu yang tidak memenuhi target penampilan dalam Asian Games 2018.

"Kami akan menggelar kejuaraan nasional pada Maret atau April 2019. Kejuaraan itu sekaligus menjadi ajang seleksi atlet-atlet pelatnas," katanya.

Dana Pelatnas

Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok, melakukan selebrasi usai mendapat juara pada Asian Games di JIExpo, Jakarta, Senin, (20/8/2018). Lindswell menyumbang emas kedua untuk Indonesia di Asian Games 2018. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Ngatino mengaku penetapan atlet-atlet seleknas pada Maret atau April 2019 tidak mempengaruhi dana pelatnas dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yang harus diajukan pada Oktober 2018.

"Sebelumnya, kepastian proposal pelatnas sudah harus masuk pada Januari-Februari. Tapi, jumlah atlet yang masuk dalam proposal itu hanya nomor-nomor pertandinganya bukan nama. Kami ajukan nama-nama atlet lama dan atlet potensial sekitar 29 atlet," katanya.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mendag Pastikan RI Tak Kena Tegur WTO soal Pajak Impor Komoditas

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan Indonesia tidak akan mendapat teguran dari World Trade Organization (WTO) terkait dengan kebijakan kenaikan pajak penghasilan (PPh) Pasal 22 menjadi 10 persen terhadap 1.147 barang konsumsi yang diimpor.

Bahkan, kebijakan ini diyakini tidak akan berpengaruh pada penilaian fasilitas Generalized System of Preferences (GSP) atau kebijakan perdagangan yang memberi pemotongan bea masuk impor terhadap produk ekspor suatu negara penerima yang diberikan oleh negara maju untuk membantu negara berkembang.

"Tidak usah dikhawatirkan. Ini PPh Pasal 22 tidak melanggar WTO dan bisa dikreditkan dan yang kita persoalkan jenisnya. Kita juga berharap masih tetap dapat fasilitas GSP. Sebab, kita sudah dapat pengecualian untuk besi dan baja, juga relaksasi ekspor strategis untuk CPO dan rotan setengah jadi," jelas Enggartiasto di Kementerian Keuangan Jakarta, Rabu, 5 September 2018.

Salah satu pertimbangan pemerintah merevisi tarif PPh 22 untuk barang impor, yakni untuk mengendalikan defisit. Data Kementerian Keuangan menunjukkan nilai impor 1.147 barang impor tersebut pada 2017 mencapai USD 6,6 miliar.

Sementara, sampai pertengahan 2018 nilainya sudah mendekati capaian 2017, yakni mencapai USD 5 miliar. Besarnya impor ini turut berpengaruh pada defisit neraca transaksi berjalan mencapai USD 13,5 miliar pada semester I 2018.

Untuk meningkatkan kinerja ekspor, Enggar pun menyatakan Kementerian Perdagangan siap melakukan percepatan kerja sama perdagangan pasar dengan Australia melalui Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) pada November nanti. Ini sebagai salah satu upaya menambah devisa agar angka defisit bisa menurun.

"Dengan itu pengusaha bersiap meningkatkan ekspor tekstil ke Australia. Kami juga tengah menyelesaikan perjanjian perdagangan dengan Tunisia, Maroko, dan Mozambik," pungkas Enggartiasto.

Reporter: Dwi Aditya Putra

Sumber: Merdeka.com

Pemerintah Dongkrak Pajak Impor 1.147 Komoditas

Aktivitas bongkar muat barang ekspor impor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/7). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan kinerja ekspor dan impor Indonesia mengalami susut signifikan di Juni 2017. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menerbitkan aturan terbaru mengenai pengenaan kenaikan tarif Pajak Penghasilan (PPh) 22 untuk barang impor.

Pemerintah secara resmi memutuskan sebanyak 1.147 barang impor dilakukan revisi tarif.  "Untuk komoditas nonmigas kami, mengidentifikasi barang-barang apa saja yang bisa kendalikan dalam situasi sekarang. Sebanyak 1.147 pos tarif akan kita lakukan tindakan pengendalian melalui instrumen PPh," ujar Sri Mulyani di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Sri Mulyani mengatakan, revisi tarif ini perlu dilakukan untuk mengendalikan impor barang dari luar negeri. Langkah ini diperlukan untuk menjaga defisit transaksi neraca berjalan yang berasal dari defisit neraca perdagangan.  

"Jadi, instrumen PPh ini dilakukan untuk mengendalikan impor dari barang-barang. Kami melakukan penelitian dan kajian detail. Pengaruhnya seminim mungkin, tidak untuk menghambat produksi industri dalam negeri," ujar dia. 

Lebih lanjut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menjamin, revisi tarif PPh impor ini tidak akan mengganggu produksi industri dalam negeri yang berorientasi ekspor. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi. 

"Tindakan pengendalian impor melalui instrumen PPh, kami lakukan rutin langsung untuk mengendalikan impor barang-barang. Penelitian detail dilakukan bersama agar tidak memengaruhi ekonomi secara keseluruhan," kata dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

NBA: Irving dan Hayward Kembali, Tatum Tak Peduli Jadi Cadangan di Celtics

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Boston - Boston Celtics bakal mendapatkan tambahan kekuatan di NBA musim 2018/19 yang rencananya akan dimulai Oktober mendatang. Celtics sudah bisa memainkan dua andalan mereka Kyrie Irving dan Gordon Hayward yang sudah pulih dari cedera.

Kembalinya dua pemain penting ini dikhawatirkan bisa menyisihkan peluang pemain muda Celtics, Jayson Tatum. Musim lalu, Tatum sangat dominan dan mampu mengganti peran dua pemain tersebut di Celtics.

Tatum sendiri mengaku tak peduli soal bagaimana perannya musim ini. Dia lebih mementingkan kemenangan ketimbang persentase bermain di Celtics pada NBA musim ini.

"Semua pemain punya tugas masing-masing. Tugas kita memberi yang terbaik dan bersatu demi target lebih besar yaitu juara NBA," ujar Tatum seperti dikutip NBA.com.

"Tugas Brad Stevens (pelatih Celtics) mengatur menit bermain dan segala hal. Itulah mengapa dia jadi pelatih. Kami diisi pemain yang tidak egois, maka itu kita cari tahu cara jadi juara."

Celtics Komplet

Jayson Tatum mencetak poin tertinggi untuk Boston Celtics (AP Photo/Matt Slocum)

Tatum mengakui Celtics memiliki kedalaman skuat musim ini. Maka itu, dia tak peduli kalau harus duduk sebagai pemain cadangan.

"Saya tahu kedalaman tim ini. Saya hanya ingin menang dan melakukan apa yang saya bisa selama ada di lapangan," katanya.

Tatum menjelma menjadi pemain muda spektakuler musim lalu. Meski rookie, dia mampu mencetak rata-rata 13,9 poin, 5 rebound dan 1 steal per pertandingan.

Tiga Angka Terbaik

Jayson Tatum mencoba jaga Forward Cavaliers, J.R Smith (AP Photo/Michael Dwyer)

Tatum juga punya kekuatan sebagai pencetak tiga poin di Celtics. Musim lalu, dia berada di peringkat ke delapan dengan tiga poin berhasil (43,4 persen).

Dia manfaatkan betul absennya Irving dan Hayward. Pada playoff, dia mencetak 18,5 poin dari tiga angka setiap laga.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ngobrol Seru Bareng Atlet Peraih Medali Asian Games

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Atlet Indonesia peraih medali Asian Games mendapat kejutan berupa konser persembahan atas perjuangan mereka. Yuk kita ngobrol-ngobrol sama pahlawan muda ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mantap Go International, Lucinta Luna Segera Pindah ke Malaysia

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah didepak dari grup Duo Bunga, Lucinta Luna tidak menyerah untuk tetap melangkah maju di bidang tarik suara. Baru-baru ini Lucinta Luna merilis single terbarunya bertajuk "Semalam Bobo Dimana".

Lagu tersebut merupakan ciptaan DJ Gebby Vesta. Di lagu ini, Lucinta Luna mendapat kesempatan untuk kolaborasi bareng dua pengusaha kaya asal Malaysia, Nur Sajat, dan Aliff Syukri.

Impian Lucinta Luna untuk menjadi penyanyi go international tampaknya sudah di depan mata. Lucinta mengaku bahwa lagu barunya tersebut tidak hanya populer di Indonesia, tapi juga mancanegara.

"Alhamdulillah ya. Ini tuh sebetulnya tanpa diduga-duga. Malaysia trending topic, Indonesia trending topic, Brunei dan Timor Leste dan lain-lainnya alhamdulillah," ujar Lucinta Luna dalam video berjudul "Lucinta Luna di Claim Malaysia??" yang diunggah akun #Eminensi, Rabu (5/9/2018).

 

Simak video menarik di bawah ini:

Pindah ke Malaysia

Lucinta Luna

Untuk melancarkan keinginannya menjadi penyanyi go international, Lucinta Luna bahkan berencana untuk pindah ke Negeri Jiran. Lucinta juga mengaku kenal dekat dengan keluarga kerajaan Malaysia.

"Insyaallah pertama mau ke Filipina, Hong Kong, Malaysia. Kayaknya aku akan pindah ke Malaysia. Aku akan beli rumah di Malaysia. Aku kan sudah kenal dengan kerajaan Malaysia," kata Lucinta.

Rp 2 Miliar

Nur Sajat, Aliff Syukri dan Lucinta Luna [foto: instagram/lucintaluna]

Videoklip "Semalam Bobo Dimana" sendiri rencananya bakal rilis beberapa hari lagi. Dalam videoklip tersebut, ia menggunakan beberapa barang-barang mewah seperti helikopter dan mobil Lamborghini.

Konon kabarnya, biaya pembuatan videoklipnya menghabiskan Rp 2 miliar. "Yang mahal sebenarnya ada helikopter, kemudian ada artis terkenal. Hampir Rp 2 miliar-lah," ujar Aliff.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanda Bayi Sudah Bisa Diberikan Makanan Padat

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Makanan bayi sebenarnya harus diberikan dengan tekstur yang bertahap. Awalnya berupa makanan yang sangat cair, lalu sedikit kental, sangat kental, lunak, kemudian baru diberikan makanan padat.

Para ahli di World Health Organization (WHO) dan American Academy of Pediatrics (AAP) mereomendasikan usia 6 bulan, sebagai umur paling awal untuk mulai memperkenalkan bayi pada makanan.

Makanan yang agak padat seperti nasi tim bisa diberikan mulai usia 9 bulan. Saat sudah di usia tersebut lebih baik bayi diberikan nasi yang agak lunak daripada memberinya bubur halus. Hal ini untuk merangsang kemampuan oral motoriknya.

Ada tiga tanda saat bayi sudah siap mengonsumsi makanan padat, seperti dikutip dari Raised Real pada Rabu, 5 September 2018.

Tanda Bisa Memberikan Makanan Padat

Ilustrasi vernix pada kulit bayi. (Foto: iStockphoto)

1. Bayi dapat mengangkat lehernya dan duduk tanpa harus disangga

Kemampuan otot leher dan punggung memegang peranan penting. Jika bayi sudah bisa mengangkat lehernya dengan stabil termasuk duduk sendiri, pertanda ia sudah siap dengan aktivitas makan yang kompleks. Posisi tersebut juga membuat bayi lebih nyaman dan aman saat menelan.

2. Tidak lagi memiliki refleks mendorong makanan

Refleks ini biasanya terjadi pada bayi yang menyusu. Jika diberikan makanan dan refleks tersebut muncul, maka bayi belum terlalu siap. Mengunyah dan menelan membutuhkan banyak koordinasi antara mulut, lidah, dan sistem pencernaan. Jika perkembangannya sudah baik maka refleks tersebut tak akan muncul.

3. Bayi tertarik dengan makanan

Apakah si kecil sering menatap piring Anda? Apakah dia memperhatikan sendok dan meraih makanan dengan tangannya? Ini juga bisa jadi tanda kalau ia sudah siap dengan tekstur makanan yang lebih menantang.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tuai Respons Positif, Razer Siap Besut Smartphone Generasi Kedua

Posted: 05 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu, Razer perusahaan pembesut aksesoris gaming kenamaan meluncurkansmartphone perdananya. Sesuai dengan keahliannya, smartphone tersebut disasar sebagai perangkat gaming.

Terbaru, Razer dilaporkan berniat untuk menyiapkan penerus smartphone ini. Alasannya, perangkat perdana Razer itu ternyata menuai respon positif dan dirasa memuaskan oleh perusahaan.

"Perusahaan mengku puas dengan kesuksesan Razer Phone generasi pertama yang dirilis terbatas. Razer kini fokus mencari sumber daya untuk mengembangkan Razer Phone generasi kedua," demikian dikutip dari CNET, Kamis (6/9/2018).

Informasi tersebut diketahui dari hasil laporan keuangan perusahaan terbaru. Selain itu, Razer juga menyertakan software khusus yang dapat memperluas layanannya dari PC ke pasar ponsel.

Sayangnya, hingga saat ini belum dapat dipastikan seperti apa rencana Razer dengan penerus Razer Phone tersebut.

Namun, besar kemungkinan perusahaan akan melakukan sejumlah peningkatan, terutama dari spesifikasi yang diusung.

Razer sendiri hingga saat ini belum memberikan komentar apapun terkait laporan ini.

Karenanya, sangat menarik untuk menanti kejutan soal perangkat seperti apa yang disiapkan untuk melanjutkan lini Razer Phone.

Razer Phone 2 Usung Spek Lebih Dahsyat?

CEO dan co-founder Razer Min-Ling Tan. (Foto: VentureBeat)

Sebelumnya, seperti dikutip dari Ubergizmo, Rabu (8/8/2018). Razer sempat dikabarkan berencana memperkenalkan Razer Phone 2 pada penghujung tahun ini. 

Meski demikian, belum banyak yang bisa dikupas soal Razer Phone 2, baik itu dari spesifikasi atau juga fitur barunya.

Informasi tersebut, disampaikan langsung oleh Vice President Razer Global Chen Xiaoping pada gelaran ChinaJoy 2018 yang diadakan di Shanghai, Tiongkok, beberapa waktu lalu.

Jika memang benar Razer Phone 2 akan diperkenalkan pada akhir 2018, hal ini dinilai wajar mengingat Razer Phone generasi pertama diumumkan pada November tahun lalu.

Razer Phone 2 juga disebut akan memiliki prosesor kelas kakap Snapdragon 855 7nm. Namun untuk RAM, belum diungkap berapa yang akan disimpan oleh smartphone.

Yang sudah pasti, Razer Phone 2 akan memiliki spefisikasi lebih tinggi ketimbang seri pendahulunya yang 'cuma' memiliki RAM 8GB dan Refresh Rate 120Hz.

Razer Phone, Ponsel Pertama dengan RAM 8GB

Razer Phone, smartphone khusus gaming. (Doc: Cnet)

Dibanderol dengan harga US$ 699 atau sekitar Rp 9,5 juta, Razer Phone memiliki layar QHD IGZO LCD berukuran 5,7 inci. Smartphone ini  didukung chipset Snapdragon 835, RAM 8GB, dan memori internal sebesar 64GB dengan slot microSD yang bisa ditambah hingga 2TB.

Di kategori fotografi, perusahaan menghadirkan dual kamera utama dengan kemampuan masing-masing 12 megapiksel (MP) dengan lensa wide-angle dan 2x optical zoom. Demikian yang dikutip dari laman Cnet, Kamis (2/11/2017).

Sama seperti smartphone Android yang meluncur pada tahun 2017, Razer Phone sudah menggunakan sistem operasi (OS) Android 7.1.1 Nougat dan bakal mendapatkan update ke Oreo.

Meski menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang sama dengan smartphone premium saat ini, Razer mengklaim ponsel dengan baterai berkapasitas 4.000mAh ini akan memiliki performa yang lebih cepat ketimbang kompetitor.

Tak hanya itu, Razer juga mengumumkan kemitraannya dengan sejumlah pengembang atau penerbit gim untuk merilis gim khusus yang akan berjalan secara optimal di Razer Phone ini.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kaka Kagumi Kinerja Gattuso Bersama AC Milan

Posted: 05 Sep 2018 08:59 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Kaka sangat kagum dengan kinerja Gennaro Gattuso di AC Milan. Legenda AC Milan itu menilai Gattuso masih memperlihatkan semangat yang sama seperti saat menjadi pemain.

Gattuso mendapatkan posisi pelatih utama AC Milan setelah sosok sebelumnya, Vincenzo Montella, dipecat oleh manajemen. Pada musim lalu, ia sukses membuat Rossoneri tampil jauh lebih baik walaupun tetap gagal finis di empat besar.

Pada musim ini, ia mulai menunjukkan kualitas racikan strateginya. Sempat menelan kekalahan 2-3 atas Napoli, yang di mana AC Milan unggul 2-0 lebih dulu, mereka sukses meraih kemenangan atas AS Roma 2-1 pada akhir pekan kemarin.

Kaka kesulitan untuk melihat kiprah Gattuso secara langsung lantaran dirinya masih berada di Brasil beberapa waktu lalu. Dan kini, ia berkesempatan menghadiri laga kontra AS Roma dan menyaksikan bekas klubnya itu menang.

"Senang bisa melihatnya melatih untuk pertama kali dengan kedua mata saya sendiri. Dia masih sama seperti waktu menjadi pemain dari segi energi dan motivasi," ujar Kaka kepada Milan TV.

"Dia menghabiskan waktu untuk memotivasi tim dan menuntut yang terbaik, tetapi bukan cuma itu. Rino [panggilan Gattuso] sangat bagus, dia mampu belajar dan mempersiapkan semuanya dengan baik, dan semua ini membuatnya fenomenal," lanjutnya.

 

Kemenangan Indah

Ekspresi pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso saat memimpin timnya melawan Hellas Verona pada lanjutan Serie A di San Siro stadium, Milan, (5/5/2018). AC Milan menang telak 4-1. (AFP/Miguel Medina)

Pria berumur 37 tahun itu juga mengomentari kemenangan Rossoneri atas Roma pada akhir pekan kemarin. Dalam pandangannya, Gonzalo Higuain dkk menunjukkan penampilan yang apik pada babak pertama.

"Itu adalah kemenangan yang indah. Milan bermain sangat baik di babak pertama. Di babak kedua sedikit menurun, tetapi pada akhirnya, dengan pergantian yang mereka buat, mereka mampu menemukan jalan untuk menang," ujarnya.

"Ini akan memberikan kepercayaan diri bagi tim untuk terus tampil apik di liga, walaupun mereka harus dibangunkan dulu. Ini adalah kemenangan penting, sekarang ada jeda internasional dan liga akan dimulai lagi. Forza Milan, selalu," katanya mengakhiri.

Kaka hadir di Milan untuk mengisi jabatan di manajemen bersama dua mantan penggawa lainnya, Leonardo dan Paolo Maldini. Namun hingga kini, peran yang akan ia emban masih belum diketahui.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemendagri Berupaya Tingkatkan Kualitas Pelaksanaan Reformasi Birokrasi

Posted: 05 Sep 2018 08:56 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan Rapat Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja di Hotel Santika Premier, Jakarta, Rabu (5/9/2018). Rapat ini dilakukan dalam rangka peningkatan kualitas pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

Reformasi Birokrasi sebagai suatu keniscayaan menuntut aparatur Kemendagri untuk mengubah pola pikir dan semangat dalam melayani masyarakat. Reydonnyzar Moenoek, Staf Ahli Bidang Aparatur Negara dan Pelayanan Publik, mengatakan bahwa perubahan ini sudah terlihat dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh Kemenpan berdasarkan delapan area perubahan reformasi birokrasi.

Delapan area tersebut adalah manajemen perubahan, penguatan sistem pengawasan, penguatan akuntabilitas, penguatan kelembagaan, penguatan tata laksana, penguatan sistem manajemen SDM, penguatan peraturan perundang-undangan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Terjadi kenaikan nilai yang signifikan pada Reformasi Birokrasi Kemendagri, yaitu 75,03 pada tahun 2017 sedangkan tahun 2016 baru pada skor 69," ujar Moenoek.

 

Rapat Evaluasi Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Kinerja Kemendagri.

Ronald Anas, Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan KemenpanRB, sangat mengapresiasi kemajuan pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkup Kemendagri. Dalam kesempatan tersebut, dirinya sekaligus memberi masukan agar Kemendagri harus lebih meningkatkan penerapan zona integritas untuk mewujudkan pelayanan yang bersih dari korupsi.

Terkait dengan akuntabilitas kinerja, Risnandar Mahiwa, Kepala Bagian Perencanaan Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum), menjelaskan bahwa sasaran dan kinerja Ditjen Polpum ysng tercermin dalam dokumen pohon kinerja mengacu terhadap urusan pemerintahan umum. Hal ini sesuai amanat UU 23/2014 yang menjelaskan bahwa menyikapi dinamika politik, keormasan, konflik sosial, kehidupan berbangsa dan bernegara, serta ekonomi, sosial, budaya harus bijak.

"Menghadapi tahun-tahun politik saat ini sangat rawan terjadi isu-isu hoax dan SARA. Maka dari itu, peningkatan aspek partisipasi politik masyarakat dan peningkatan kehidupan demokrasi berdasarkan pancasila sangat penting," ucapnya.

Rapat tersebut dihadiri oleh jajaran pejabat eselon I, II, III dan IV Kemendagri serta tim evaluator dari Kemenpan RB.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bertolak ke Jatim, Jokowi Akan Beri Kuliah Umum hingga Temui Para Kiai

Posted: 05 Sep 2018 08:49 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Jawa Timur pada Kamis (6/9/2018). Jokowi akan memulai kunjungan kerjanya ke Gelora Hasta Brata, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur.

"Presiden akan memberikan kuliah umum sekaligus menghadiri Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Badan Pembina Lembaga Pendidikan (BPLP) PGRI," kata Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Jokowi beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pukul 08.20 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Kemudian Jokowi mendarat di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, pukul 09.25 WIB.

Selain memberikan kuliah umum, Jokowi juga dijadwalkan bersilaturahmi kepada para kiai, ulama, santri, dan wali santri yang ada di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Kabupaten Mojokerto.

"Presiden juga akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat Jawa Timur yang dipusatkan di Kota Surabaya," ucap Bey.

 

Datang ke Pesantren

Sebelum kembali ke Jakarta, Presiden akan terlebih dahulu berkunjung ke Pesantren Progresif Bumi Shalawat, Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan tersebut sekaligus mengakhiri rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden di Provinsi Jawa Timur.

Malam harinya, Presiden beserta rombongan akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofar Rozin.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Di Balik Ancaman Bom RSI Semarang, Pasien Sakit Hati Tak Dilayani

Posted: 05 Sep 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pria berinisial S, pengancam bom Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, diringkus Densus 88 Antiteror Polri bersama jajaran Reskrim Polda Jawa Tengah. Pria 32 tahun itu nekat meneror hanya karena persoalan sepele, yakni sakit hati tak dilayani.

"Pelaku melakukan perbuatannya karena berobat tidak dilayani (sakit hati)," ujar Kaur Bin Ops Ditreskrimum Polda Jawa Tengah AKBP Makmur dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (6/9/2018).

Makmur menuturkan, peristiwa bermula saat warga Karawang Barat itu hendak berobat ke RSI Sultan Agung, Jalan Raya Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah pada Senin, 3 September 2018 siang. S mengaku tidak dilayani pihak rumah sakit.

S yang merasa sakit hati lantas mengirimkan sejumlah teror bom keesokan harinya, Selasa, 4 September 2018 sekira pukul 13.00 WIB. Melalui nomor layanan hotline, S mengirim pesan pendek berisi adanya bom yang akan meledak di RSI Sultan Agung.

Polisi yang menerima laporan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Polisi akhirnya berhasil menangkap S di wilayah Klaten, Jawa Tengah, pada Rabu, 5 September 2018 malam.

"Selanjutnya tersangka diamankan dan dibawa ke Mako Polrestabes Semarang untuk dilakukan pemeriksaan dan pemberkasan," kata Makmur.

 

10 Pesan

Ilustrasi borgol (Abdillah/Liputan6.com)

Dalam penangkapan tersebut, polisi mengamankan barang bukti berupa ponsel dan kartu seluler yang digunakan mengirim teror serta kartu identitas diri. Sementara pelaku diduga melanggar Pasal 29 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sebelumnya, RSI Sultan Agung Semarang mendapat ancaman bom dari orang tak dikenal. Ancaman disampaikan berulang-kali melalui layanan Short Message Service (SMS).

"Ada sekitar 10 pesan, intinya sama. Bunyinya segera evakuasi orang-orang di Masjid karena ada bom dalam 1 jam," ujar Kabag Ops Polrestabes Semarang, AKBP Iga DP Nugraha di lokasi, Selasa 4 September 2018.

Polisi dan tim penjinak bom serta anjing pelacak sempat melakukan penyisiran selama sekitar satu jam. Namun setelah dilakukan pengecekan, hasilnya nihil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Skenario Marc Marquez Juara MotoGP 2018

Posted: 05 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Marc Marquez sedang berada dalam periode krusial perburuan gelar juara dunia MotoGP 2018. Dengan hanya tujuh balapan tersisa musim ini, pembalap tim Repsol Honda itu secara matematis hanya membutuhkan dua kemenangan untuk merengkuh gelar kelima di kelas elite.

Dengan catatan, Marquez mampu mendapatkan podium kedua di lima balapan MotoGP lainnya. Jika skenario itu (dua podium pertama-lima podium kedua) berjalan sesuai rencana, maka Marquez akan mengumpulkan total 351 poin.

Poin itu sudah tidak akan mampu dikejar pesaing terdekatnya Valentino Rossi. Kendati pembalap tim Movistar Yamaha mengantongi 25 poin di tujuh balapan tersisa, maka dia akan memperoleh 317 poin di klasemen balap MotoGP musim ini.

Sejauh ini Marquez telah meraih lima podium pertama dengan tiga hasil tempat kedua dan satu tempat ketiga. Pembalap berjuluk Baby Alien itu gagal mencetak poin hanya dalam dua dari 11 balapan di musim ini.

Kini, Marquez sudah berada di Italia untuk menjalani balapan seri 13 MotoGP di Grand Prix San Marino, akhir pekan ini. Rapor pemilik nomor 93 di Sirkuit Misano tidak buruk, sebab dia berhasil membukukan lima kemenangan dalam delapan tahun terahir. Termasuk dua kemenangan di kelas 125cc (2010) dan Moto2 (2011-2012).

 

Sukses 2017

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez,(Twitter/Repsol Honda Team)

Dua kemenangan lainnya terjadi di kelas MotoGP pada 2015 dan 2017. Keberhasilan Marquez merebut podium pertama di kelas elite merupakan momen yang penuh emosional dan paling menantang.

Pada tahun 2015, Marquez memenangkan balapan dalam kondisi cuaca berubah-ubah (basah-kering). Tahun lalu, dia berhasil mengasapi Andrea Petrucci dalam kondisi basah. Jika rekan setim Dani Pedrosa mampu berdiri gagah di podium pertama, maka secara keseluruhan dia telah mengumpulkan enam kemenangan dan catatan itu akan sama seperti di tahun lalu.

(David Permana)

Klasemen MotoGP

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 201 poin

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 142 poin

3. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 129 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 113 poin

6. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 105 poin

7. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 104 poin

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 103 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 84 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 66 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 66 poin

12. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 57 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

17. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 22 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 17 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 11 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Bakal Resmikan Terminal Baru Bandara Sumbawa

Posted: 05 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pintu gerbang udara Sumbawa Besar kini memiliki wajah baru. Usai dibangun pada 2017, gedung terminal Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin seluas 2.790 m2 dan telah beroperasi ini, siap diresmikan bersamaan dengan acara puncak Sail Indonesia Moyo Tambora 2018.

Gedung terminal baru Bandara Sultan M Kaharuddin akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara puncak Sail Indonesia Moyo Tambora 2018, 9 September 2018.

Gedung terminal baru ini menawarkan kenyamanan yang lebih bagi maskapai dan penumpang pengguna jasa transportasi udara. 

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), M Pramintohadi Sukarno mengatakan, perkembangan Bandara Sultan M Kaharuddin sangat pesat, terutama jika dilihat dari jumlah pertumbuhan penumpang.

Pada 2015, jumlah penumpang yang menggunakan bandara ini sebanyak 77.365 penumpang, sedangkan pada 2017 meningkat menjadi 112.096 penumpang atau tumbuh hampir 50 persen.

"Melihat tren pertumbuhan penumpang, sudah saatnya bandara ini dikembangkan sehingga sisi keamanan dan pelayanan kepada maskapai dan penumpang lebih baik. Kami berharap ini bisa menarik minat maskapai dan penumpang untuk berkunjung dan lebih membuka konektivitas", ujar Praminto dalam keterangan tertulis, Kamis (6/9/2018).

Dari pengembangan yang telah dilakukan, saat ini terminal baru mempunyai luas 2.790 m2, lebih luas empat kali lipat dari terminal lama yang luasnya hanya 840 m2. Ruang kedatangan juga diperluas dari 96 m2 menjadi 480 m2. 

Sementara itu, ruang tunggu juga diperluas dari 120 m2 menjadi 960 m2. Selain itu juga dilakukan perbaikan toilet untuk ruang keberangkatan, kedatangan dan untuk umum. Terminal ini telah dilengkapi pula fasilitas untuk difabel seperti toilet dan kursi ruang tunggu.

Bandara dengan fasilitas runway sepanjang 1.650 m x 30 m, dua taxi way yang keduanya berukuran 93 m x 15 m serta apron berukuran 240 m x 70 m, melayani operasional maskapai Garuda Indonesia dengan tujuan Lombok 7 kali seminggu dan Wings Air juga dengan tujuan Lombok 14 kali seminggu.

"Kedua maskapai tersebut melayani penumpang dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72," imbuh Praminto.

Dikembangkan pada 2016

Bandara Sumbawa (Foto:Dok Kementerian Perhubungan)

Bandara Sultan M Kaharuddin yang berada di bawah pengelolaan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mulai dikembangkan pada 2016.

Pekerjaan yang dilakukan, yaitu kegiatan pelebaran apron dan pembuatan taxi way termasuk pengawasan, pembuatan jalan inspeksi dengan aspal concrete, rehabilitasi pagar bandara, pembangunan terminal baru termasuk pengawasan serta pemenuhan standar runway strip akibat perpanjangan runway.

Selanjutnya pada 2017 dilakukan kegiatan pelapisan runway, taxiway dan apron, reinstalasi ground cable dari PH ke terminal, pembangunan terminal tahap 2, pengadaan conveyor belt, pembangunan gedung terminal baru, penyusunan RTT, penyusunan studi dokumen lingkungan hidup, pembuatan saluran terbuka sisi udara, pengadaan dan pemasangan x-ray baggage dan pengadaan dan pemasangan x-ray cabin.

Pada 2018, dilakukan kegiatan pelebaran apron dari 70 x 240 m menjadi 80 x 240 m, perluasan areal parkir, pemindahan dan penambahan pagar baru, pengadaan dan pemasangan RTIL runway 32, pengadaan dan pemasangan apron dan taxi way light akibat perluasan apron dan pembuatan taxi way baru, pengadaan dan pemasangan flood light tiang ganda, penyusunan laporan pelaksanaan RKL dan RPL serta pengadaan dan pemasangan CCTV di terminal baru.

Pengembangan bandara akan diteruskan pada 2019 dengan rencana kegiatan yang dilakukan adalah perpanjangan landas pacu dari 1.650 m x 30 m menjadi 1.800 m x 30 m (vol. 4.500 m2) termasuk marking, penyiapan runway strip dan RESA (vol. 32.400 m2) serta saluran sisi udara (vol. 750 m2), pekerjaan kanopi dan interior gedung terminal, pekerjaan renovasi gedung administrasi (vol. 420 m2).

Selain itu juga akan dikerjakan pelebaran access road PKP-PK, pekerjaan landskap sisi darat, pengadaan dan pemasangan penangkal petir terintegrasi, pengadaan dan pemasangan lampu jalan solar cell, penyusunan studi BKK, DLKR dan DLKP dan pekerjaan pengawasan pengembangan bandara.

"Kami berharap dengan meningkatnya pelayanan jasa transportasi udara serta kemudahan akses menuju salah satu destinasi wisata selancar ini dapat mendorong perekonomian Sumbawa," tutur Praminto. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jawa Timur dan Bali Padam Listrik, Warga Borong Genset

Posted: 05 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah kota di Jawa Timur dan Bali sepanjang hari Rabu. Akibatnya, aktivitas warga terganggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bek Napoli: Ronaldo Takkan Jadi Mesin Gol Juventus

Posted: 05 Sep 2018 08:42 PM PDT

Liputan6.com, Naples - Raul Albiol sangsi Cristiano Ronaldo bakal menjadi mesin gol Juventus. Bek Napoli itu menilai Serie A lebih ketat ketimbang La Liga.

Seperti yang diketahui, Albiol sempat berseragam Real Madrid selama lima musim, dimulai tahun 2009 hingga 2013. Sayangnya, kebersamaannya dengan klub raksasa Spanyol tersebut terhenti karena dirinya pindah ke Napoli.

Pada musim ini, ia harus berhadapan dengan Ronaldo yang kini berseragam Juventus. Tugas untuk mengawal bintang asal Portugal itu diyakini akan sulit, sebab ia mampu mencetak banyak gol selama di Los Merengues dulu.

"Sangat sulit untuk mencetak 40 gol di Italia. Sepak bola di sini berbeda dengan yang di Spanyol," ujar Albiol saat diminta memprediksi raihan gol musim ini kepada Marca.

 

Angkat Citra Serie A

Kiper Chievo Verona, Stefano Sorrentino, bertabrakan dengan striker Juventus, Cristiano Ronaldo, pada laga Serie A di Marc'Antonio Bentegodi, Sabtu (18/8/2018). (AFP/Alberto Pizzoli)

Walaupun demikian, ia merasa bersyukur dengan kehadiran Ronaldo di Serie A. Baginya, peraih Ballon D'Or itu telah berhasil menarik kembali perhatian penikmat sepak bola yang sudah teralihkan dari Italia sejak kasus Calciopoli dulu.

"Meski begitu, kedatangannya di Serie A merupakan sebuah anugerah, sekarang ada banyak orang yang tertarik pada liga kami," ujarnya.

Ronaldo sudah mencatatkan tiga penampilan di Serie A bersama Juventus musim ini. Sayangnya, ia masih belum mampu membubuhkan namanya di papan skor.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

7 Fakta di Balik Sosok Begal Sadis Mahasiswi Bandung

Posted: 05 Sep 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Shanda Puti Denada menjadi korban pembegalan di Kota Bandung, pada Kamis, 30 Agustus 2018, sekitar pukul 03.30 WIB. Mahasiswi berusia 23 tahun itu meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung akibat luka parah di kepalanya.

Kejadian memilukan itu berawal saat ia berboncengan dengan temannya dari arah Cihampelas melewati Jembatan Pasupati. Tiba-tiba, tas Shanda ditarik dari belakang oleh begal di kawasan Jembatan Pasupati, Kota Bandung.

Akibatnya, mahasiswi Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STT Tekstil) Bandung itu tersungkur di aspal dengan kepala terluka.

Sementara itu, temannya yang mengendarai sepeda motor hanya tergores. Saat dipepet begal itu, mereka hendak menuju indekos rekannya di daerah Dipatiukur Kota Bandung.

Kurang dari sepekan, polisi berhasil meringkus begal sadis itu. Keduanya adalah Aminatus Solihin alias Ami (24) dan Yonas Aditya (20). Mereka dibekuk pada Rabu, 5 September 2019 pagi di Bandung, Jawa Barat.

Dari keterangan yang disampaikan polisi, terungkap sejumlah fakta tentang sosok begal sadis tersebut. Apa saja?

 

Saksikan video menarik berikut ini:

1. Residivis

Ilustrasi Begal Motor

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jabar Kombes Umar Surya Fana belum merinci mengenai kronologi penangkapan begal tersebut. Dia menyebut informasi tersebut akan disampaikan atasannya.

"Nanti Pak Kapolda langsung yang menyampaikan penangkapan dua begal ini," kata Umar.

Namun begitu, Umar mengungkapkan, pelaku merupakan orang yang pernah dihukum atas tindak kejahatan yang serupa.

"Mereka residivis," kata Umar, Rabu 5 September 2018.

2. Ditembak Mati

Polda Jawa Barat menangkap dua begal yang menewaskan seorang mahasiswi di Bandung, Shanda Puti Denada (23). Satu di antara begal tersebut terpaksa ditembak mati.

"Saat menunjukkan keberadaan tersangka Yonas Aditya, tersangka Aminatus Solihin berusaha melakukan perlawanan dan melarikan diri, sehingga diberikan tindakan tegas terhadap tersangka," kata Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto di Mapolda Jabar, Rabu 5 September 2018.

3. Pertama Kali

Ilustrasi Begal Motor

Salah satu pelaku begal, Yonas Aditya dibawa ke RS Sartika Asih. Dia tak berkomentar banyak terkait dengan aksinya tersebut.

Namun begitu, dia mengaku perbuatan sadisnya itu dilakukan pertama kali. "Baru pertama kali," kata YA sambil tertunduk dengan tangan terborgol.

4. Bukan Warga Kota Bandung

Shanda Puti Denata (23), tewas setelah terjatuh dari motor dengan kepala membentur aspal. Tarikan kuat begal membuat helm yang dik...

Polisi mencokok dua pelaku begal sadis. Keduanya bernama Aminatus Solihin alias Ami (24) dan Yonas Aditya alias Adit (26).

Ami diketahui berdomisili di kawasan Sukaluyu, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung. Sementara Adit warga Baleendah, Kabupaten Bandung.

"Dari data KTP, bukan warga Kota Bandung semuanya," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto di Rumah Sakit Sartika Asih, Jalan Moh Toha, Kota Bandung, Rabu 5 September 2018.

5. Beraksi di Banyak Tempat

Aksi pelecehan seksual berupa peremasan payudara kembali terjadi. DST (23) seorang karyawati di sebuah bank ternama menjadi korban...

Direktur Reserse Kriminal Umum Kombes Umar Surya Fana mengatakan, dua pelaku begal ini tercatat sudah beraksi di banyak tempat di Bandung.

"Saat ini kita sedang kumpulkan laporan-laporan kepolisian dari masyarakat," kata Umar.

 

6. Terancam Hukuman Seumur Hidup

Ilustrasi penjara (iStock)

Saat ini, Yonas ditahan di Rutan Polda Jabar serta diproses Unit 2 Subdit 3/Jatanras Dit Reskrim Um Polda Jabar. Keduanya dijerat Pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama waktu tertentu paling lama 20 (dua puluh tahun) tahun atau seumur hidup.

7. Amankan Kosmetik Wanita

Ilustrasi Foto Garis Polisi (iStockphoto)

Selain itu, polisi juga mengamankan barang bukti berupa lima ponsel pintar berbagai merek, satu unit Camera merek Nikon tipe S2800, satu buah tas dengan isi alat kosmetik wanita,

Selain itu juga dua STNK, dan satu unit sepeda motor merk Honda Beat, warna hitam, nomor polisi D-5699-KP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menjamurnya Haters di Sekitar Kita

Posted: 05 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Haters atau para pembenci adalah fenomena di jagat media sosial (medsos). Seseorang atau sekelompok orang tersebut umumnya mengekspresikan kebencian di internet maupun medsos.

Haters menyerang selebritas dan tokoh ternama seperti elite politik yang aktif di medsos. Semakin banyak figur publik eksis di medsos, marak pula akun-akun haters bermunculan.

Mereka memengaruhi netizen atau warganet dan pengguna medsos untuk merasakan kebencian yang sama. Bahkan, haters berharap sosok figur yang dibenci itu hancur.

Bagaimana fakta mengenai haters? Apa pemicunya dan kiat menangkal para pembenci itu? Simak Infografis berikut ini:

 

Infografis Haters di Sekitar Kita. (Liputan6.com/Triyasni)

Marak Akun Haters

Ilustrasi media sosial (Foto: Facebook)

Haters ternyata tak hanya bisa menjamur karena membenci satu karakter, seperti selebritas atau tokoh politik tertentu. Psikolog Prof Dr Hamdi Muluk menilai, haters juga bisa muncul karena impitan ekonomi.

"Selain orang yang membenci satu karakter, ada juga kalangan yang awalnya bukan haters, bisa ikut gerakan pelintiran kebencian karena impitan ekonomi," ujar Hamdi kepada Tekno Liputan6.com via sambungan telepon, Selasa, 4 September 2018, di Jakarta.

Gawatnya, dengan bisnis pelintiran kebencian ini, dia melanjutkan, orang yang mulanya hanya memiliki kadar kebencian setengah menjadi full alias benar-benar benci kepada selebritas atau tokoh politik tertentu.

 

Bagaimana Menangkalnya?

Ilustrasi haters. Dok: collegian.com

Menjelang Pilpres 2019, penyebaran berita hoax dari akun-akun haters yang mendukung masing-masing calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dipastikan akan semakin menjamur.

Menyikapi hal itu, pakar media sosial Nukman Luthfie mengatakan, pro dan kontra dari masing-masing pendukung capres dan cawapres pasti bakal ramai bermunculan.

Ia pun memberikan beberapa tips bagaimana cara menyikapi haters di media sosial. "Amannya tidak usah kita hiraukan. Kalau ada yang mem-bully dan menyebarkan hoax tinggal lapor saja di platform terkait (Facebook atau Twitter)," ucap dia kepada Tekno Liputan6.com via sambungan telepon, Selasa, 4 September 2018, di Jakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mertua Meninggal di Tengah Proses Cerai, Shezy Idris Tak Datang Melayat

Posted: 05 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Shezy Idris dan Khrisna Adhyata Pratama tengah di ujung tanduk. Meski jauh dari gosip, Shezy Idris justru tiba-tiba menggugat cerai sang suami.

Percekcokan hebat menjadi alasan Shezy Idris untuk berpisah. Ia tak tahan dengan adanya pertengkaran hingga memilih untuk berpisah. Bahkan keputusannya bercerai tanpa sepengetahuan pihak keluarga.

"Tanpa musyawarah sama keluarga. Karena yang menikah kan kita berdua. Jadi secara berdua sepakat sama-sama pengin cepat ya sudah. Toh ada Whatsapp-nya dia minta cepat (cerai)," ucap Shezy Idris dan pengacara Krisna Murti saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (5/9/2018).

Mendengar kabar tersebut, tentu pihak keluarga merasakan kesedihan. Apalagi, selama ini rumah tangga Shezy Idris dan Khrisna jauh dari gosip miring.

 

Simak juga video berikut ini:

Mertua Meninggal

Shezy Idris dan Akizz Tafarie (Instagram/@shezy_idris)

Di saat proses cerainya ini, kabar duka datang padanya. Mertua Shezy Idris meninggal dunia karena sakit. Namun, rupanya Shezy tidak datang untuk melayat.

"Iya. Enggak (melayat)," ucap Shezy Idris.

Bukan tanpa alasan dirinya tidak datang untuk melayat. Diakuinya, ini juga merupakan hal terberat karena proses perceraian ini membuat posisinya serbasulit.

Tak Datang Melayat

Shezy Idris dan Akizz Tafari (Instagram/@shezy_idris)

"Saya kan sebelum berantem ini hampir sebulan dua kali ke Bandung. Mertua cowok sakit, saya juga lagi proses pisah. Aku juga tahu sakitnya, masuk rumah sakit kapan, meninggal juga tahu dari Akis juga. Cuma saya mau datang pun udah di posisi seperti ini. Rasanya gimana ya," ucap Shezy Idris.

"Yang pasti Shezy mengajukan gugatan cerai ini sebelumnya sudah ada komunikasi dan ada kesepakatan. Artinya bahwa kesepakatan untuk mereka berdua bercerai sudah dibicarakan kok," imbuh Krisna Murti. (Galuh Esti Nugraini/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ke Jawa Timur, Jokowi Silaturahmi dengan Kiai dan Bagi Sertifikat Tanah

Posted: 05 Sep 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Provinsi Jawa Timur pada Kamis (6/9/2018) pagi, dalam rangka kunjungan kerja. Kepala Negara beserta rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekira pukul 08.20 WIB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, pukul 09.25 WIB, Presiden langsung menuju Gelora Hasta Brata, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Jokowi akan memberikan kuliah umum sekaligus menghadiri Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional Badan Pembina Lembaga Pendidikan (BPLP) PGRI.

Dalam kunjungan kali ini, Presiden Jokowi juga dijadwalkan bersilaturahmi kepada para kiai, ulama, santri, dan walisantri yang ada di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Kabupaten Mojokerto.

‎"Selain itu, Presiden juga akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat Jawa Timur yang dipusatkan di Kota Surabaya," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden‎, Bey Machmudin di Surabaya, Jawa Timur, Kamis (6/9/2018).

Tidak Menginap

Presiden Jokowi menyambangi Lombok, Nusa Tenggara Barat (foto: Biro Pers Setpres)

Sebelum kembali ke Jakarta, Jokowi akan terlebih dahulu berkunjung ke Pesantren Progresif Bumi Shalawat, Kabupaten Sidoarjo. Kunjungan tersebut sekaligus mengakhiri rangkaian kegiatan kunjungan kerja Presiden di Provinsi Jawa Timur.

Malam harinya, Jokowi beserta rombongan akan langsung kembali ke Jakarta melalui Bandara Internasional Juanda dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur adalah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono, dan Staf Khusus Presiden Abdul Ghofar Rozin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jangan Izinkan Kendarai Sepeda Motor Bila Benar Sayang Anak-Anak

Posted: 05 Sep 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Tanjungpinang - Kepolisian Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, menyatakan anak-anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan roda dua maupun roda empat menjadi pemicu kecelakaan lalu lintas.

"Masih banyak anak-anak yang belum berusia 17 tahun mengendarai kendaraan bermotor, terutama sepeda motor. Ini selalu kami amankan," kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, di Tanjungpinang, Rabu, 5 September 2018, dilansir Antara.

Sejumlah kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Tanjungpinang juga melibatkan anak-anak. Karena itu, dia mengimbau orangtua tidak membiarkan anak-anak membawa kendaraan bermotor, karena mental mereka belum siap.

Polisi menyatakan tidak dapat bekerja sendiri dalam menangani permasalahan tersebut. Menurut dia, peran keluarga sangat besar melarang anak-anak mengendarai sepeda motor maupun mobil.

"Kalau sayang kepada anak, sebaiknya tidak membiarkan anak-anak mengendarai kendaraan bermotor," ujarnya lagi.

Jumlah kasus kecelakaan lalu lintas di Tanjungpinang mulai Januari-Agustus 2018 sebanyak 52 kasus. Sembilan orang meninggal dunia dalam kecelakaan lalu lintas itu.

Beberapa kasus kecelakaan lalu lintas juga disebabkan pengendara menggunakan ponsel saat mengendarai kendaraan. Pengendaranya juga sebagian adalah anak di bawah umur.

Ucok mengingatkan pengendara sepeda motor maupun mobil jangan menggunakan ponsel, karena membahayakan keselamatan diri dan orang lain. "Jangan gunakan ponsel saat mengendarai kendaraan karena konsentrasi menjadi terpecah," ujarnya pula.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: