Senin, 03 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Booming Lagu dan Tarian Gemu Fa Mi Re Maumere, Begini Kisah Perjalanannya

Posted: 03 Sep 2018 10:08 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Frans Cornelis Dian Bunda tidak akan pernah terpikir lagu ciptaannya, Gemu Famire, tujuh tahun silam akan mewabah hingga ke penjuru Nusantara. Bahkan, hari ini, Selasa (4/9/2018), lagu yang dikenal dengan Lagu Maumere itu dinyatakan berhasil menembus rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) yang diikuti tarian oleh ribuan anggota TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Franco, sapaan Frans Cornelis, menceritakan ihwal perjalanan lagu yang dia ciptakan pada Mei 2011 silam. Memasuki 2012, lagu tersebut mulai dikenal masyarakat Nusa Tenggara Timur, dan sekejap pada 2014, lagu tersebut sudah meenyebar ke pelosok Indonesia.

"Inspirasinya jujur saya buat saya membayangkan lagu ini untuk oleh-oleh tamu atau yang masyarakat siapa saja yang datang ke Maumere mereka boleh mendengar dan menjadikan oleh-oleh, saat itu saya ingin buat satu lagi yang ketika orang dengar, ingat mereka senang dan membawa ini," kata Frans di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (4/9/2018).

Dia tidak menyangka, apa yang dia ciptakan diterima oleh masyarakat luas. Dia berupaya agar ciri khas Maumere, yakni Gong Wani, tetap dipertahankan dalam lagunya itu.

"Dan satu hal yang peting saya mengambil beberapa kearifan lokal yaitu ada gong-nya, Gong Wani," ungkap Franco.

Guru SMK Yohanes 23 Maumere ini mengaku, syair di dalam lagu tersebut diambil dari cara mengajar guru-guru semasa ia kecil.

"Di syairnya saya ambil guru-guru jaman dulu mengajarkan notasi makanya ada gemu ada famire-nya, famire itu not, gemu itu memasukan ke dalam mulut," ujar dia.

Makna dari lagu yang ia ciptakan itu sendiri juga untuk kegembiraan masyarakat asli Maumere maupun warga atau masyarakat pendatang.

"Gemu Famire itu makna keseluruhan untuk bergembira, berputar kiri ke kanan," kata Franco.

Menurut Franco, dirinya tidak sendiri dalam menciptakan lagu tersebut. Sang adik, Alferd, turut membantunya dalam menciptakan karya seni tersebut.

"Lagu ini saya nyanyikan dengan adik saya Pak Alfred, waktu itu produser itu Kaharudin, dan satu orang yang sangat penting dalam musik itu barusan meninggal dua hari lalu, Usilelo, dia yang operator mixing musik," Alfred memungkasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meski AS Hentikan Donasi, RI Akan Terus Bantu Badan PBB untuk Pengungsi Palestina

Posted: 03 Sep 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Amman - Duta Besar RI untuk Yordania dan Palestina, Andy Rachmianto menegaskan, Indonesia akan terus mendukung badan PBB untuk urusan pengungsi Palestina (UNRWA) di tengah krisis defisit dana operasional organisasi itu, menyusul langkah Amerika Serikat yang menghentikan pendanaannya secara total kepada UNRWA.

Dubes Andy menyampaikan komitmen itu saat mendampingi Komisaris Jenderal UNRWA (United Nations Refugee Work and Relief Agency for Palestinian Refugees) Pierre Krahenbuhl menyambangi sekolah yang dikelola UNRWA di kamp pengungsi Palestina di Amman, Yordania, pada Minggu 2 September 2018 kemarin.

Kedatangan Krahenbuhl yang didampingi Dubes RI dan beberapa Dubes asing lainnya ke salah satu sekolah UNRWA yang tertua di Yordania --telah dikelola sejak tahun 1955-- tersebut adalah untuk menandakan komitmen UNRWA untuk tetap membuka operasional sekolah sesuai tahun ajaran baru di Yordania (pada awal September 2018).

Dalam kesempatan itu, Krahenbuhl kembali menegaskan, "Tidak ada yang perlu dikhawatirkan untuk keberlangsungan operasional sekolah meskipun dalam kondisi sulit," ujarnya kepada para murid SD, SMP dan SMA dan guru sekolah UNRWA, dengan merujuk pada keputusan AS untuk menghentikan pendanaan kepada UNRWA.

Sejumlah donor utama UNRWA, utamanya Amerika Serikat, memutuskan untuk menghentikan bantuan finansial bagi operasionalisasi organisasi itu, sehingga, mengancam keberlangsungan program pendidikan bagi para pengungsi anak Palestina.

Sebelum memutuskan untuk berhenti melakukan pendanaan, Washington DC telah lama menjadi pendonor terbesar bagi UNRWA, dengan menyumbangkan lebih dari US$ 350 juta kepada lembaga itu pada tahun 2017. Sementara pada tahun 2018, AS merencanakan anggaran sebesar US$ 125 juta untuk UNRWA.

Dana yang diterima UNRWA dari negara pendonor kemudian disalurkan untuk pemenuhan hak-hak mendasar, layanan pendidikan, kesehatan, dan sosial di Tepi Barat, Gaza, Yordania, Suriah, dan Lebanon kepada lebih dari 5 juta pengungsi Palestina yang terdaftar.

Saat ini UNRWA mengelola sebanyak 709 sekolah dengan 21.946 orang guru yang mengajar anak didik sebanyak 515.260 orang di lima wilayah operasional tersebut. Khusus di Yordania, UNRWA mengelola 171 sekolah, 3 pusat pelatihan vokasional dengan 121.368 murid yang tersebar di 10 camp pengungsi.

Usai langkah AS menghentikan pendanaan, kondisi finansial UNRWA saat ini masih mengalami defisit sebesar US$ 217 juta, sehingga mendesak UNRWA untuk mencari dukungan sumber dana baru, tidak saja berasal dari negara donor namun juga dari kalangan korporasi maupun perorangan.

Kepada Krahenbuhl, Dubes Andy "menyampaikan keprihatinannya dan menyatakan bahwa Indonesia akan turut mendukung penggalangan dana untuk membantu operasional UNRWA, baik itu melalui dukungan domestik maupun mendesak negara-negara internasional untuk memberikan perhatian yang lebih kepada UNRWA," demikian seperti dikutip dari rilis resmi KBRI Amman yang diterima Liputan6.com, Selasa (4/9/2018).

"Perjuangan bangsa Palestina dalam meraih kemerdekaan adalah merupakan agenda prioritas dalam politik luar negeri Indonesia, yang akan terus didorong melalui keanggotaan Indonesia sebagai salah satu Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK-PBB)," tambah Andy kepada Krahenbuhl.

Bantuan dari Indonesia untuk Palestina

Selama tahun 2018, bantuan Indonesia untuk UNRWA, baik yang berasal dari pemerintah, sektor swasta, perguruan tinggi, maupun perorangan (philanthropist) telah mencapai nilai US$ 1.365 juta.

Saat ini sedang dijajagi rencana peluncuran (launching) kampanye #Dignity is priceless yang akan dilakukan oleh UNRWA bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam rangka menggalang dukungan dari publik Indonesia untuk membantu pengungsi Palestina.

"Diharapkan rasa solidaritas dan kedermawanan masyarakat Indonesia dapat membantu saudara-saudara kita di Palestina," lanjut Dubes Andy.

 

Simak video pilihan berikut:

 

Penghentian Pendanaan AS

Sejumlah warga Palestina berkumpul di sebuah jalan selama pemadaman listrik di kamp pengungsi Al-Shati, Kota Gaza, 11 Juni 2017.  Selama ini Gaza menerima pasokan listrik Israel selama 3,5 jam setiap hari. (MAHMUD HAMS/AFP)

Amerika Serikat (AS) mengakhiri seluruh pendanaannya untuk UNRWA dengan menyebut alasan bahwa organisasi itu mengalami "cacat yang tak dapat diperbaiki," ujar pihak Kementerian Luar Negeri AS pada Jumat 31 Agustus 2018.

"Amerika Serikat tidak akan lagi melakukan pendanaan lebih lanjut untuk operasi organisasi yang tidak dapat diperbaiki ini," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Heather Nauert dalam sebuah pernyataan Jumat 31 Agustus 2018, seperti dikutip dari CNN.

Pada bulan Januari 2018, Amerika Serikat mengatakan akan memangkas US$ 65 juta dari total anggaran awal US$ 125 juta yang diharapkan akan diserahkan kepada UNRWA pada awal tahun ini. Alasannya, AS ingin agar UNRWA untuk mereformasi internal organisasi dan mendesak agar negara-negara lain harus meningkatkan jumlah dana bantuaan yang mereka kontribusikan kepada badan tersebut.

"Ketika kami memberikan sumbangan AS sebesar US$ 60 juta pada Januari, kami menegaskan bahwa Amerika Serikat tidak lagi bersedia menanggung beban biaya UNRWA selama bertahun-tahun," kata Nauert.

"Beberapa negara, termasuk Yordania, Mesir, Swedia, Qatar, dan Uni Emirat Arab telah menunjukkan kepemimpinan dalam mengatasi masalah ini, tetapi respon internasional secara keseluruhan belum cukup."

Nauert mengkritik model bisnis dan praktik fiskal UNRWA sebagai "tidak berkelanjutan" dan telah berada dalam "mode krisis" selama bertahun-tahun.

"Kami sangat peduli dan sangat prihatin mengenai dampak pada orang-orang Palestina yang tidak bersalah, terutama anak-anak sekolah," ujar Nauert, yang kemudian menyebut bahwa UNRWA telah mengalami kegagalan "untuk mereformasi dan mengatur ulang cara UNRWA dalam melakukan bisnis," sebagai alasan bagi AS untuk tetap menghentikan bantuan.

Chris Gunness, juru bicara UNRWA, menyuarakan "penyesalan mendalam" atas keputusan AS dan menolak kritik Washington terhadap organisasinya dan Palestina.

"Kami menolak kritik bahwa sekolah-sekolah UNRWA, pusat-pusat kesehatan, dan program bantuan darurat adalah 'cacat yang tak dapat diperbaiki'," kata Gunness.

"Program-program ini memiliki rekam jejak yang terbukti dalam menciptakan salah satu proses pengembangan manusia yang paling sukses dan berhasil di Timur Tengah. Komunitas internasional, para donor dan negara tuan rumah secara konsisten memuji UNRWA atas pencapaian dan standar organisasinya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

`Masuk Pak Eko` Jadi Lagu Edm, Hasilnya Bikin Ingin Joget

Posted: 03 Sep 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nama Pak Eko kini memang tengah menjadi perbincangan viral publik, khususnya para pengguna jejaring sosial. Sosoknya mulai disorot setelah aksinya menancapkan berbagai benda di papan beredar lini masa.

Selain karena aksi nyeleneh yang dilakukan anggota polisi dari Porong, Jawa Timur itu, videonya pun viral karena respons penonton yang berseru 'masuk pak eko', setiap kali ia berhasil menancapkan benda yang dilemparnya. Kini kata-kata 'masuk pak eko' itu pun kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam obrolan sehari-hari. 

Tidak sampai di situ, rupanya saking viral dan hebohnya video aksi pria yang akrab disapa Papi Eko tersebut, baru-baru ini muncul sebuah video 'masuk pak eko' yang diedit menjadi lagu EDM. Video editan itu tidak lain merupakan hasil karya YouTuber dan produser musik, Eka Gustiwana.

Hasil karyanya tersebut diunggah pada akun media sosialnya, seperti di akun Instagram-nya. Dalam unggahannya itu, pria yang tergabung dalam grup musik Weird Genius itu menggabungkan beberapa video milik Pak Eko serta mengganti lirik dan mengedit lagu Meraih Bintang yang dibawakan Via Vallen menjadi lagu EDM. Hasilnya pun bikin kamu pengen ikut goyang.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

Respons Warganet

AKP Eko Hari Cahyono, sosok yang berada di balik video viral polisi tangkas melempar berbagai benda (DIDA TENOLA/JAWA POS)

Berikut editan video karya Eka Gustiwana: 

Sejak diunggah pada Minggu (2/9/2018), video editan Eka itu sudah ditonton lebih dari 500 ribu kali. Warganet tampak memenuhi kolom komentar dengan berbagai respons. Banyak dari mereka memuji hasil karya nyeleh yang dibuat Eka.

 

"Woow kakak kreatif banget," komentar akun @hasanifauzan_85.

"Geloooo gelooo jago kali kau bang," puji akun @rizkypratamaarozal.

"Kreatif kalo sdh master ya gini ini ga ada batasann kerennnn mas @ekagustiwana gokill," ujar akun @ahmad.momo.

"Wih enak bangeeeettttt baaang @ekagustiwana jadi pengen cover yg beginiann.. Unik , keren," tulis akun @artmariswanda.

"Massuuuk kak eka... Keren bisa aja nemu gt...," tambah akun @fenykartikasari.

"@ekagustiwana kaga bosen dengerin nya berkali kali," papar akun @apriantoys_.

"Anjiirrr ngakakk... Gak ngerti maksud nya apa lempar2 gitu pak eko," ungkap akun @ama_tawang.

Sangat kreatif, bukan?

Reporter:

Annisa Amalia Hapsari

Sumber: Brilio.net 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tinjau Kebakaran Pasar Gedebage, Ridwan Kamil Minta PT Ginanjar Tanggung Jawab

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meminta PT Ginanjar untuk bertanggung jawab atas kebakaran yang melanda sejumlah los di Pasar Induk Gedebage. Hal itu diungkapkan Emil, sapaan akrabnya, usai meninjau langsung lokasi kebakaran Pasar Gedebage, Selasa (4/9/2018).

"Jadi ini kebakaran terjadi karena dari kios pedagang ayam yang menjalar ke yang lain karena di musim kemarau ini anginnya besar. Dan ini dikelola oleh pihak swasta," kata Emil.

Dia menuturkan, Pasar Gedebage dikelola oleh dua pihak. PD Pasar Kota Bandung dan PT Ginanjar. Lahan merupakan milik PD Pasar yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota Bandung dan dari sisi pengelolaan oleh swasta.

"Kebakaran terjadi dari lahan pihak swasta. Saya minta tanggung jawab pada PT Ginanjar. Mereka memberikan harga 60-70 juta per kios tanpa memberikan safety padahal harusnya ada," tegasnya.

152 Kios Terbakar

Sebanyak 300 pedagang terkena dampak terbakarnya 152 kios yang terjadi pada Senin (3/9/2018) sore.

"Karena mereka tidak mengelola secara profesional, jalur juga dihabiskan oleh PKL. Ditambah lagi kesulitan mobil pemadam masuk. Jangan hanya ngejar duit tapi juga keselamatan," kata Emil

Untuk pedagang yang terdampak kebakaran Pasar Gedebage, pihak Pemkot Bandung menyiapkan lahan yang ada untuk digunakan sebagai tempat berjualan.

"Pemkot Bandung menuntut untuk tanggung jawab dari PT Ginanjar. SOP safety dan layout harus diperbaiki agar tidak merugikan pedagang," jelasnya.

Kepada wartawan, Emil mengaku akan memanggil PT Ginanjar pada pekan ini.

Ia pun tak memungkiri akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Faktanya kan harus dikumpul dulu, dari pedagang harus ditanyai. Kita sebagai regulator," kata Emil menambahkan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masuk Pak Eko, Pak Polisi Lolos Gratis dari GTO

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kejadian nahas dialami seorang pengemudi mobil di salah satu Gerbang Tol Otomatis (GTO) di Jakarta. Gara-gara motor patwal, dirinya harus membayar double biaya masuk tol.

Setidaknya insiden apes ini sempat terekam kamera video dan diunggah akun Instagram @roda2blog.com, terjadi pada Minggu (2/9/2018).

Dalam video yang direkam korban, ketika hendak masuk GTO dan nge-tap e-toll, terlihat ada sebuah motor patwal yang dilengkapi lampu strobo menyerobot antrean hingga posisinya berada paling depan.

Seketika itu pula, ketika pemilik mobil nge-tap e-toll dan palang pintu terbuka, maka kesempatan itu dimanfaatkan motor patwal yang langsung menerobos masuk dan menancapkan gasnya dengan cepat.

Akan tetapi, ketika mobil hendak masuk tol, palang pintu justru kembali turun dan menutup jalur. Hal ini dipastikan lantaran sensor pada mesin GTO sudah mendeteksi kendaraan masuk, termasuk sepeda motor dengan ukuran tertentu.

Tentu saja peristiwa ini sangat merugikan si pemilik mobil, karena mereka harus membayar dua kali.

 

Pernah Terjadi

Petugas PM ikut nebeng di gerbang tol. (ist)

Peristiwa ini sebenarnya sempat terjadi atau menimpa pengendara Toyota Agya di Gerbang Tol Otomatis (GTO) Tebet I, Jakarta Selatan, pada 16 Maret 2016 petang.

Usai membayar dan bersiap melanjutkan perjalanan, low cost green car (LCGC) kelir hitam itu malah tertimpa palang GTO gara-gara muncul Polisi Militer (PM) dengan motor besarnya dan berhenti persis di samping kiri mobil mungil itu.

Setelah si pengemudi membayar di mesin tap dan palang terbuka, sejurus kemudian anggota PM yang menyusup itu langsung tancap gas. Apesnya, saat mobil baru mau jalan, palang tiba-tiba turun dan menimpa bagian depan mobil. 

Beruntung, petugas keamanan yang berada di GTO pun langsung bergerak cepat dan membantu melepaskan mobil itu dari palang yang menimpanya. Setelah palang terbuka, mobil tersebut langsung melanjutkan perjalanan. Ada-ada saja ya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Seusai Asian Games 2018, Muhammad Zohri Bantu PMI di Kampung Halaman

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Usai gelaran olahraga Asian Games 2018, pelari Lalu Muhammad Zohri mengajak masyarakat membantu warga Lombok bangkit dari gempa yang melanda kawasan di Nusa Tenggara Barat tersebut.

"Ayo bangkit, kita pulihkan NTB kembali," ujar Lalu Muhammad Zohri dalam video yang dirilis akun Twitter Palang Merah Indonesia @palangmerah.

Lewat video itu, Zohri bersama PMI siap untuk membantu pemulihan Lombok pasca gempa. "Saya Lalu Muhammad Zohri, atlet lari Indonesia, bersama PMI membantu sesama demi kemanusiaan," kata Zohri yang mengenakan rompi jingga PMI tersebut.

Zohri sendiri ditemui oleh pihak PMI melibatkannya untuk aksi sosial yang dilakukan di tanah kelahirannya tersebut. Aksi ini ditanggapi positif dari pelari tersebut.

"Zohri semangat sekali ingin bantu warga Lombok," ujar Danus Raharjanto, salah seorang personel PMI yang bersilaturahmi ke kediaman Zohri di Dusun Karang Pangsur, Desa Pemenang Barat, Lombok Utara, pada Senin malam (3/9/2018).

Danus menceritakan, keterlibatan Zohri bermula dari obrolan ringan antara dirinya dan rekan-rekan tentang atlet lari yang berlaga di Asian Games 2018 tersebut. Hal itu disambut baik oleh Sekretaris PMI Kabupaten Lombok Utara, Rohayadi yang memiliki kedekatan dengan Zohri dan keluarganya.

"Zohri adalah sosok yang tangguh dan memiliki kedekatan dengan warga Lombok. Sosoknya tentu dapat membangkitkan kembali semangat warga paska bencana ini. Itulah mengapa PMI berinisiasi mengajak Zohri bergabung bersama untuk sama-sama bantu sesama," tambah Danus dalam laman resmi PMI, pmi.or.id.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Berlari untuk Kemanusiaan

Lalu Muhammad Zohri siap membantu PMI untuk pulihkan tanah kelahirannya, Lombok (Twitter.com/@palangmerah)

Danus dan rombongan juga berkesempatan memberikan orientasi singkat kepalangmerahan, serta memberikan informasi terkait kegiatan PMI yang dilakukan di Lombok.

Zohri belum bisa terjun langsung dalam kegiatan sosial tersebut, karena padatnya latihan yang harus dijalani. Namun, ia berjanji akan menyempatkan diri untuk bergabung di sela kesibukannya.

"Harapannya usai berlari di Asian Games, Zohri juga bisa berlari untuk kemanusiaan bersama PMI," ungkap Danus.

Mengutip Bola.com, Zohri saat ini bersiap untuk menghadapi Olimpiade 2020. Terutama setelah dirinya gagal di Asian Games 2018.

Dia mengatakan sekalipun gagal, namun dia tak kecewa dan siap memperbaiki catatan waktunya dan tampil berprestasi di Olimpiade 2020.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangganya Courtois Jalani Debut Bersama Real Madrid

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Thibaut Courtois mengaku senang bisa menjalani debut bersama Real Madrid. Ia juga ingin terus menjadi pilihan utama di Santiago Bernabeu.

Courtois dibeli dari Chelsea musim panas ini. Dia diberi kontrak oleh Real Madrid selama enam musim.

Namun Courtois harus menunggu debutnya hingga sebulan. Ia baru bermain untuk Real Madrid pada 1 September 2018 kemarin melawan Leganes.

"Saya telah menanti debut ini dalam waktu yang lama. Real Madrid adalah klub terbaik dunia," kata Courtois seperti dilansir Evening Standard.

"Saat saya kecil idola saya adalah Iker Casillas. Dan saat saya bermain di Atletico Madrid, selalu menyenangkan jika berkunjung ke Santiago Bernabeu," ujarnya menambahkan.

 

Tak Pernah Konflik

Kiper baru Real Madrid, Thibaut Courtois, berpose saat diperkenalkan di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (9/8/2018). Pemain berusia 26 tahun pindah setelah empat musim terakhir jadi kiper utama Chelsea. (AP/Andrea Comas)

Courtois juga mengaku tak masalah menjadi cadangan di Real Madrid pada awal musim ini. Apalagi di Real Madrid terdapat dua kiper hebat yakni Kiko Casilla dan Keylor Navas.

"Tidak ada tensi antara saya dengan Navas. Dia justru mendoakan agar saya tampil sukses kemarin," ujar Courtois.

"Terkadang orang melihatnya sebagai kontroversi. Tetapi persaingan sangat bagus untuk tim," kata kiper asal Belgia itu menambahkan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Pesepak Bola Muda yang Bersinar di Asian Games 2018

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pesepak bola muda bersinar di Asian Games 2018. Beberapa pemain diyakini bakal menjadi bintang masa depan sepak bola Asia.

Satu di antara pesepak bola muda yang tampil impresif di Asian Games 2018 adalah Lee Seung-woo. Gelandang serang Timnas Korea Selatan U-23 itu mampu mendulang empat gol dari lima pertandingan.

Gol-gol yang disarangkan Lee kerap membawa Korea Selatan meraih kemenangan. Gol paling berkesan yang dicetak pemain 20 tahun tersebut adalah pada partai final Asian Games ke-18 kontra Jepang.

Menjalani pertandingan di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (1/9/2018) malam WIB, Lee tampil dari bangku cadangan. Pemain jebolan akademi sepak bola La Masia tersebut masuk ke lapangan pada menit ke-57 menggantikan Kim Jung-min.

Masuk sebagai pemain pengganti, Lee Seung-woo berhasil mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-93. Umpan pendek Son Heung-min dari dalam kotak penalti mampu dituntaskan Lee menjadi gol dengan tembakan.

Berkat gol Lee tersebut, Korea Selatan menang 2-1 atas Jepang. Satu gol Korsel lainnya disarangkan Hwang Hee-chan menit ke-101, sedangkan gol tunggal Jepang dicetak Ayase Ueda menit ke-115.

Hasil ini membuat Korea Selatan berhak atas medali emas Asian Games 2018. Bagi Lee, ini adalah prestasi terbaiknya bersama Taegeuk Warriors.

"Saya merasa sangat gembira kami bisa meraih medali emas dan juara. Saya berterima kasih kepada semua staf pelatih dan suporter yang telah membantu kami sepanjang turnamen," ujar Lee selepas pertandingan.

"Saya juga berterima kasih kepada teman-teman yang bermain luar biasa hingga babak tambahan," lanjut pemain klub Serie B Liga Italia, Hellas Verona, itu.

Bukan hanya Lee Seung-woo, sejumlah pesepak bola muda memperlihatkan performa impresif di Asian Games 2018. Berikut ini adalah empat pemain yang tampil apik bersama negara masing-masing di pesta olahraga multi-event di Asia tersebut.

Yuto Iwasaki

Superstar Yuto Iwasaki (Bola.com/Adreanus Titus)

Pemain berusia 20 tahun tersebut saat ini memperkuat klub Kyoto Sanga di J2 League. Meski masih berusia muda, Iwasaki mampu menjadi andalan Kyoto Sanga.

Bisa berposisi sebagai sayap kanan dan kiri hingga penyerang depan, Yuto Iwasaki berhasil mendulang tiga gol dari 61 pertandingan di J2 League. Performa apik tersebut membuat Iwasaki dipercaya memperkuat Timnas Jepang di berbagai jenjang usia, yakni U-17, U-18, U-19, U-20, dan U-23.

Pada perhelatan Asian Games ke-18, Yuto mampu menjadi andalan di lini depan tim Samurai Biru. Yuto Iwasaki berhasil mengoleksi empat gol dari tujuh pertandingan di ajang tersebut.

Berkat kontribusinya, timnas Jepang U-23 mampu lolos hingga ke final Asian Games. Hanya, Yuto gagal membawa Jepang keluar sebagai juara dan harus puas meraih medali perak.

Safawi Rasid

Penyerang tim nasional Malaysia, Safawi Rasid, siap memberikan ancaman untuk tim nasional Indonesia pada pertandingan semifinal SEA Games 2017 yang berlangsung di Stadium Shah Alam, Sabtu (26/8/2017). (Bharian/Hairul Anuar Rahim)

Mantan anak asuh Rahmad Darmawan di T-Team tersebut merupakan sosok penting di sektor serang Timnas Malaysia U-23. Seperti Yuto Iwasaki, Safawi juga mampu mengoleksi empat gol di Asian Games 2018.

Seluruh gol yang disarangkan Safawi tercipta pada laga penyisihan Grup E. Pemain bernama lengkap Muhammad Safawi bin Rasid itu mencetak satu gol ketika Malaysia menang 3-1 atas Kirgizstan, mencetak dua gol saat menang 2-1 kontra Korea Selatan, dan satu gol ketika menyerah 2-3 dari Bahrain.

Namun, penampilan gemilang Safawi tak berlanjut pada 16 besar. Dia gagal mencetak gol dan Timnas Malaysia U-23 menyerah 0-1 dari Jepang.

Meski begitu, Safawi Rasid diyakini akan memiliki masa depan cerah bersama Timnas Malaysia senior. Namanya pun masuk daftar 24 pemain yang akan menghadapi Chinese Taipei dan Komboja dalam laga persahabatan, 7 serta 10 September 2018.

Irfan Jaya

Garuda Kita Asian Games Irfan Jaya (Bola.com/Foto: Peksi Cahyo /Grafis: Adreanus Titus)

Alberto 'Beto' Goncalves dan Stefano Lilipaly merupakan dua pemain Timnas Indonesia U-23 yang tampil impresif di ajang Asian Games 2018. Namun, performa Irfan Jaya juga tak kalah mengilap dibandingkan Beto dan Lilipaly.

Berposisi sebagai winger, pemain 22 tahun itu berhasil mengoleksi dua gol. Irfan Jaya mencatatkan namanya di papan skor saat skuat Garuda kalah 1-2 dari Palestina dan menang 3-1 atas Hong Kong.

Bukan hanya bersama Timnas Indonesia, Irfan juga menjadi andalan ketika berseragam Persebaya Surabaya. Sejauh ini, Irfan telah mengoleksi lima gol dari 11 pertandingan di Liga 1 bersama tim Bajul Ijo.

Zayed Al Ameri

Penyerang timnas Uni Emirat Arab U-23, Zayed Al Ameri.

Zayed diyakini akan menjadi satu di antara pemain andalan timnas Uni Emirat Arab senior. Hal itu telah diperlihatkannya ketika membela Timnas UEA U-23 di Asian Games 2018.

Pemain 21 tahun tersebut masuk daftar pencetak gol terbanyak di Asian Games tahun ini. Zayed sukses mendulang empat gol bersama Uni Emirat Arab. Dia dua kali membobol gawang Timor Leste (Grup C) serta dua kali mencetak gol lewat penalti saat bersua Timnas Indonesia (16 besar).

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penampakan Arena Olahraga Terbaik di Asia yang Telan Rp 7,4 Triliun

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut berbangga atas kesuksesan penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang ditaksir menghabiskan dana sekitar Rp 7,4 triliun untuk membangun berbagai sarana olahraga dan pendukung.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana dalam Asian Games 2018 ini mengatakan bahwa dari 79 venue dan non-venue pertandingan, sebanyak 33 venue dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sementara itu, 27 venue dibangun oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jakarta, Jawa Barat, dan Sumatera Selatan serta 19 oleh INASGOC. Kementerian PUPR juga ditugaskan untuk membangun 14 sarana pendukung (non-venue), seperti Wisma Atlet Kemayoran dan Jakabaring, serta penataan kawasan kompleks GBK.

"Saya bersyukur dengan waktu persiapan yang terbatas, kita mampu menyelesaikan seluruh infrastruktur Asian Games 2018 tepat waktu dan tepat mutu. Ini kerja keras tim Kementerian PUPR di Direktorat Jenderal Cipta Karya, Penyediaan Perumahan, Sumber Daya Air, serta Sekretariat Jenderal yang mendukung teknis administrasinya," ujarnya dalam keterangan, Selasa (4/9/2018).

 

Beberapa Venue Diakui Sebagai yang Terbaik di Asia

Penataan Trotoar Kawasan GBK (Kementerian PUPR)

Dari 16 venue yang dibangun di kawasan GBK, 6 di antaranya adalah bangunan gedung cagar budaya sehingga renovasi itu harus mematuhi ketentuan, seperti tidak mengubah struktur dan arsitektur bangunan. Renovasi venue di kompleks GBK juga terikat aturan koefisien dasar bangunan yang harus memperhatikan fungsi kawasan GBK sebagai ruang terbuka hijau.

Saat ini, 80 persen dari luas kawasan kompleks Gelora Bung Karno adalah ruang terbuka hijau yang menjadi paru-paru bagi Kota Jakarta.

Di sisi lain, renovasi arena juga harus memenuhi ketentuan federasi cabang olahraga di tingkat internasional. Beberapa mendapat pengakuan sebagai salah satu venue terbaik di Asia.

Pernyataan tersebut datang dari sejumlah perwakilan federasi cabang di Asia, seperti pada arena akuatik, dayung, hoki, dan jetski yang semuanya dinilai sebagai yang terbaik. Tata cahaya Stadion GBK saat ini merupakan salah satu yang terbaik di Asia.

Renovasi dan penataan kawasan di GBK juga mengakomodasi kepentingan pemeliharaan jangka panjang. Oleh karena itu, arena dirancang untuk multifungsi sehingga bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pemasukan dari kegiatan di luar ajang olahraga untuk biaya pemeliharaan.

Dengan anggaran yang dikeluarkan Kementerian PUPR sebesar Rp 7,4 triliun dan melibatkan tidak kurang dari 6 ribu pekerja, Menteri Basuki menyebutkan, Indonesia kini memiliki berbagai arena yang diakui sebagai yang terbaik di Asia. Tidak kalah pentingnya adalah kontribusi dari sejumlah perancang yang tergabung dalam Ikatan Arsitek Indonesia dan BUMN Karya.

"Alhamdulillah apa yang kita persiapkan bisa dipakai dan semua merasa oke. Semoga ini semua bisa menjadi kebanggaan Indonesia dan legasi untuk anak cucu kita," ucap dia.

Penampakan Arena Olahraga Terbaik di Asia

Berikut beberapa penampakan arena olahraga Indonesia yang menjadi terbaik di Asia. Beberapa di antaranya bahkan mendapat pengakuan sebagai salah satu venue terbaik di Asia. Bagaimana penampakan? Yuk, cek.

Padepokan Pencak Silat TMII

Padepokan Pencak Silat TMII (Kementerian PUPR)

Penataan Kawasan GBK Zona 2

Penataan Kawasan GBK Zona 2 (Kementerian PUPR)

Arena Kolam Renang

Arena Kolam Renang (Kementerian PUPR)

Veneu Dayung (Lanjutan) Jakabaring Sport City

Veneu Dayung (Lanjutan) Jakabaring Sport City (Kementerian PUPR)

Tribun Barat VIP Venue Voli Pantai Jakabaring Sport City

Tribun Barat VIP Venue Voli Pantai Jakabaring Sport City (Kementerian PUPR)

Cofftea House

Cofftea House (Kementerian PUPR)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Twit Kocak Warganet soal Bonus Asian Games 2018 untuk Bambang Hartono

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Orang terkaya di Indonesia, Michael Bambang Hartono, yang juga merupakan peraih medali perunggu cabor bridge, ikut mendapatkan bonus atas prestasinya di Asian Games 2018.

Bambang Hartono pun banyak mendapat sorotan dari masyarakat dan media. Bagaimana tidak, pemilik perusahaan rokok kretek Indonesia Djarum ini sekarang sudah berusia 78 tahun dan kekayaannya mencapai USD 11,5 miliar, tapi dia masih semangat mengukir prestasi.

Hal lain yang belakangan masih ramai dibicarakan warganet adalah bonus yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo kepada Bambang Hartono, 2 September 2018.

Sebagai peraih medali perunggu, Bambang Hartono mendapatkan bonus sebanyak Rp 150 juta dari pemerintah. Uang bonus tersebut, menurut Bambang Hartono, akan langsung diberikan untuk pembinaan olahraga bridge.

Warganet pun mengunggah kicauan-kicauan kocak terkait dengan bonus yang diperoleh Bambang Hartono, yang tentu jumlahnya tidak seberapa dibanding harta yang dia miliki sebagai orang terkaya di Indonesia.

Uang bonus minder

Pengguna dengan akun @telukjambe mengunggah twit lucu tentang bonus yang diperoleh atlet bridge Bambang Hartono.

Ia bercanda, pihak Kemenpora berusaha mentransfer uang bonus ke rekening Bambang Hartono, tapi terus gagal meskipun nomor rekening sudah di-input dengan benar.

Setelah diselidiki, si uang bonus minder melihat saldo yang sudah lebih dahulu ada di rekening Bambang Hartono.

Pengguna lainnya justru memperhatikan bonus Asian Games 2018 yang diberikan dalam bentuk buku rekening BRI kepada Bambang Hartono. Padahal, Bambang Hartono merupakan pemilik saham mayoritas di BCA.

Lain lagi dengan warganet yang menyebut, saat pihak pemerintah sudah mentransfer bonus, Bambang Hartono pun mengecek uang dan berujar tidak ada perubahan signifikan pada saldonya.

Pemilik Saham Mayoritas BCA

Atlet tertua Indonesia di Asian Games 2018, Michael Bambang Hartono (Liputan6.com/Defri Saefullah)

Ada lagi warganet yang mencuitkan hal nyeleneh terkait bonus Bambang Hartono sebagai peraih medali perunggu dari cabor bridge. 

Pengguna lain berkelakar saat Kemenpora meminta rekening BCA untuk mentransfer bonus ke Bambang Hartono, malah dijawab dengan kicauan di bawah ini.

Bonus untuk Pembinaan Olahraga Bridge

Atlet bridge Indonesia, Bambang Hartono, memberikan keterangan pers di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8/2018). Orang terkaya Indonesia itu optimis mampu sumbang medali emas Asian Games. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sebelumnya diberitakan, atlet cabang olahraga bridge Bambang Hartono merupakan satu di antara 199 atlet yang menerima bonus dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Sebab, atlet tertua yang ikut serta di Asian Games itu memperoleh medali perunggu.

Sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia, Bambang mengaku akan memberikan seluruh bonusnya untuk pengembangan cabang olahraga brigde di Tanah Air.

"Kita akan mengusahakan supaya untuk pembinaan bridge kelanjutannya. Jadi, dibalikin ke bridge lagi," kata Bambang Hartono di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Bambang pun mengapresiasi langkah pemerintah yang bergerak cepat memberikan bonus bagi para atlet dan official. Khususnya, yang berhasil menyabet medali di Asian Games.

Menurut dia, hal ini dapat memacu para atlet untuk berprestasi di ajang olahraga selanjutnya.

"Luar biasa. Apresiasi dari pemerintah dan pemberiannya sangat bagus sekali. Jadi ini sangat efisien, bagus sekali," ucap Bambang Hartono.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Ngobrol dengan Mulan Jameela, Maia Estianty Segera Berhijab?

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putra Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Al Ghazali, tengah berbahagia. Pemain film Runaway ini telah genap berusia 21 tahun pada Sabtu (1/9/2018).

Momen spesial itu pun dirayakan Al Ghazali di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, dengan bertema Great Gatsby. Pada kesempatan itu, kedua orangtua kandung Al Ghazali, Ahmad Dhani dan Maia Estianty pun tak ketinggalan hadir.

Bahkan istri Ahmad Dhani, Mulan Jameela juga diajak untuk ikut meramaikan suasana. Padahal seperti diketahui, hubungan Maia Estianty dan Mulan Jameela sudah bertahun-tahun berjalan dingin karena masalah di masa lalu.

Menurut Ahmad Dhani, saat ini Mulan Jameela dan Maia Estianty sudah tak lagi berseteru. Pada pesta ultah Al, keduanya diceritakan sudah saling ngobrol satu sama lain. Bahkan, ada kemungkinan jika nanti Maia akan mengikuti jejak Mulan Jameela untuk berhijab.

 

Simak juga video berikut ini:

Saling Ngobrol

Ahmad Dhani - Mulan Jameela - Maia Estianty / Credit: KapanLagi

"Oh bahagia sekali dia (Maia), bahagia sekali Mulan datang. Telah terjadi ngobrol-ngobrolan ya. Kemungkinan Bunda Maia akan ada berhijab juga," ujar Ahmad Dhani saat ditemui di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (3/9/2018).

Penasaran

Mulan Jameela (Instagram/@mulanjameela1)

Seperti diketahui, Mulan Jameela saat ini sudah hijrah dan memilih untuk menutup rapat penampilannya. Dari penuturan Dhani, penampilan baru istrinya membuat Maia penasaran.

"Ya itu tadi, ngobrol kenapa sekarang Mulan berhijab. Kemungkinan Maia juga akan ikutin. Ngobrolnya antara mereka, berdua saja, saya enggak ikut-ikutan. Ya intinya mungkin Maia akan ikut berhijab juga. Ya mungkin ngobrol masakan ya, terus kenapa berhijab sekarang, gitu-gitu. Mungkin dia mau ngikutin juga," sambung Ahmad Dhani. (Guntur Merdekawan/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Gua Dijual Rp 30 Miliar, Isinya Bikin Kamu Kaget

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dulunya, gua yang diberi nama Beckham Creek Cave Lodge ini dibangun sebagai tempat penampungan bom. Gua itu telah direnovasi menjadi hotel mewah yang mampu menampung 8 tamu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Lucunya Bayi Panda Merah yang Lahir di Prancis

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Bayi panda merah berada di kandangnya di Kebun Binatang Biotropica di Val-de-Reuil, Prancis, (28/8). Panda merah atau dalam nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. (AFP Photo/Charly Triballeau)

Bayi panda merah berada di kandangnya di Kebun Binatang Biotropica di Val-de-Reuil, Prancis, (28/8). Panda merah atau dalam nama ilmiahnya Ailurus fulgens adalah sejenis binatang menyusui di dalam ordo Carnivora. (AFP Photo/Charly Triballeau)

Bayi panda merah berada di kandangnya di Kebun Binatang Biotropica di Val-de-Reuil, Prancis, (28/8). Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. (AFP Photo/Charly Triballeau)

Bayi panda merah berada di kandangnya di Kebun Binatang Biotropica di Val-de-Reuil, Prancis, (28/8). Panda Merah memiliki bulu tebal berwarna merah kecoklatan dan berkaki hitam. (AFP Photo/Charly Triballeau)

Bayi panda merah berada di kandangnya di Kebun Binatang Biotropica di Val-de-Reuil, Prancis, (28/8). Panda merah aktif pada waktu pagi dan senja. Di siang hari, mereka tidur dan beristirahat di dahan pohon. (AFP Photo/Charly Triballeau)

Bayi panda merah berada di kandangnya di Kebun Binatang Biotropica di Val-de-Reuil, Prancis, (28/8). Panda merah aktif pada waktu pagi dan senja. Di siang hari, mereka tidur dan beristirahat di dahan pohon. (AFP Photo/Charly Triballeau)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serba Serbi Petroleum Jelly yang Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Posted: 03 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda pernah mendengar sebelumnya, benarkah Petroleum Jelly dapat mengatasi semua masalah kulit? Pertama-tama, Anda harus berkenalan terlebih dahulu dengan apa itu Petroleum Jelly.

Petroleum Jelly adalah turunan dari penyulingan minyak. Di tahun 1800-an ditemukan untuk melapisi bagian bawah rig minyak dan merupakan produk sampingan dari industri minyak yang kemudian menjadi sumber daya tidak berkelanjutan karena tidak ramah lingkungan.

Petroleum Jelly biasanya digunakan secara topikal untuk mengatasi kulit kering, dehidrasi, hingga ruam akibat penggunaan popok. Sayangnya, meskipun dianggap aman, namun komponen yang dikeluarkan dari minyak selama proses pemurnian Petroleum Jelly bersifat karsinogenik, seperti dilansir dari huffingtonpost.com, Selasa (4/9/2018).

 

Petroleum Jelly berfungsi menjaga kelembapan tetap berada di kulit Anda

Ilustrasi kecantikan pakai krim wajah (iStockphoto/Ridofranz)

Bagaimana jika digunakan untuk kulit? Petroleum jelly dapat menciptakan ilusi pelembap, kulit terhidrasi, dan meminimalisir penampilan pori-pori.

Petroleum jelly tidak larut dalam air sehingga hanya berfungsi sebagai penghalang agar kelembapan tidak meninggalkan kulit, sehingga tidak disarankan untuk menggunakannya terlalu lama di kulit dan tidak dibasuh, karena akan menyebabkan tumbuhnya jerawat. Untuk kulit berjerawat dan penderita rosacea, sebaiknya Anda menjauhi Petroleum jelly, karena emolien yang tebal dapat memperburuk kondisi kulit.

Ada beberapa hal lain yang bisa digunakan sebagai pengganti Petroleum Jelly

Ilustrasi kecantikan pakai pelembap (iStockphoto)

Lantas, mengapa banyak orang menggunakan Petroleum Jelly? Petroleum jelly adalah cara termudah untuk langsung membuat kulit tampak sehat dan terhidrasi.

Sebagai minyak mineral, Petroleum Jelly sebenarnya tidak melembapkan, namun berfungsi sangat baik untuk menahan kelembapan, jika Anda bisa memastikan untuk mencuci dan melembapkan kulit sebelum mengaplikasikannya. Jika kulit Anda tidak bisa beradaptasi dengan Petroleum jelly, maka cobalah lilin lebah, minyak kelapa, minyak zaitun, shea butter, dan cocoa butter seal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tak Setuju Tolak Pleno KPU, PDIP Ajak Koalisi Prabowo Benahi DPT Pemilu 2019

Posted: 03 Sep 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PDIP mengajak koalisi Prabowo Subianto untuk bekerja sama membenahi daftar pemilih sementara (DPS) untuk Pemilu 2019.

"Mari kita bekerja sama mendorong KPU, agar DPT (dapat) melindungi hak konstitusional warga negaranya," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Posko Cemara, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Kubu Prabowo sebelumnya menyatakan menolak rencana KPU menggelar rapat pleno finalisasi DPS menjadi daftar pemilih tetap. Mereka menemukan 25 juta data penduduk ganda.

Menurut Hasto, memperbaiki DPS lebih tepat dilakukan ketimbang menolak pleno penetapan DPT.

"Kita perbaiki saja bersama-sama, disisir bersama-sama, dan kemudian partisipasi warga secara aktif melihat, apa pun setiap satu suara itu menentukan masa depan bangsa kita," jelas Hasto.

DPT, kata dia, adalah cermin hak rakyat yang berdaulat untuk pemilih dijamin undang-undang. Karena itu hak tersebut harus dilindungi.

Ia juga meminta masyarakat berpartisipasi. Caranya dengan melaporkan kejanggalan ke KPU. Pengalaman itu pernah dialami Hasto.

"Dari keluarga saya sendiri, dulu Pilgub ikut memilih. Tiba-tiba kemarin tidak bisa memilih," kata Hasto.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Korupsi Massal Anggota DPRD, Mendagri Curhat ke KPK

Posted: 03 Sep 2018 09:51 PM PDT

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (4/9). Tjahjo  mendatangi KPK untuk berkonsultasi terkait 41 anggota DPRD Kota Malang yang telah ditetapkan sebagai tersangka (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (4/9). Tjahjo mendatangi KPK untuk berkonsultasi terkait 41 anggota DPRD Kota Malang yang telah ditetapkan sebagai tersangka (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (4/9). Konpers terkait kedatangan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo ke Gedung KPK untuk berkonsultasi banyaknya anggota DPRD yang terjerat kasus korupsi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (4/9). Konpers terkait kedatangan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo ke Gedung KPK untuk berkonsultasi banyaknya anggota DPRD yang terjerat kasus korupsi. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Sekretaris Menteri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji memberikan keterangan terkait banyaknya banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat daerah yang terjerat kasus korupsi, di Jakarta, Selasa (4/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Sekretaris Menteri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji memberikan keterangan terkait banyaknya banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pejabat daerah yang terjerat kasus korupsi, di Jakarta, Selasa (4/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (4/9). Tjahjo  mendatangi KPK untuk berkonsultasi terkait 41 anggota DPRD Kota Malang yang telah ditetapkan sebagai tersangka (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan di Jakarta, Selasa (4/9). Tjahjo mendatangi KPK untuk berkonsultasi terkait 41 anggota DPRD Kota Malang yang telah ditetapkan sebagai tersangka (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Menteri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji memberikan keterangan terkait banyaknya anggota DPRD yang terlibat kasus korupsi, di Jakarta, Selasa (4/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua KPK Agus Rahardjo didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Menteri PAN-RB, Dwi Wahyu Atmaji memberikan keterangan terkait banyaknya anggota DPRD yang terlibat kasus korupsi, di Jakarta, Selasa (4/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sumbang Emas di Asian Games 2018, 11 Atlet DKI Jakarta Bakal Dapat Bonus

Posted: 03 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah atlet asal DKI Jakarta mengharumkan nama bangsa Indonesia dalam ajang Asian Games 2018. Sebanyak 11 orang berhasil menyumbangkan medali emas dari enam cabang olahraga berbeda.

Dari cabang olahraga pencak silat, lima atlet Ibu Kota meraih medali emas. Mereka adalah Yolla Primadona Jampil dan Hendy di kategori men's double, Puspa Arum Sari di kategori women's single, Sugianto di kategori men's single, dan Pipiet Kamelia di kategori women's class.

Kemudian cabang olahraga Badminton Asian Games 2018, ada dua medali emas yang masing-masing disumbang oleh Jonathan Christie di ketegori tunggal putra dan Marcus Gideon di kategori ganda putra.

Untuk cabang olahraga jetski runabout endurance, satu medali emas disumbang oleh Aqsa Sutan Azwar. Sama halnya di cabang olahraga tenis mixed double dengan satu medali emas dari Christopher Benjamin Rungkat.

Kemudian cabang olahraga rowing men's light weight right ada satu medali emas dari Jefri Ardianto. Satu medali emas Asian Games 2018 lagi diraih oleh Puji Lestari di cabang olahraga sport climbing women's team speed relay.

 

 

Rincian Bonus

Atlet jetski, Aqsa Sutan Aswar, melakukan selebrasi pada Asian Games di Pantai Ancol, Jakarta, Minggu (26/8/2018). Aqsa merebut medali emas dari cabang jetski kelas endurance runabout open. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta Ratiyono menyampaikan, berdasarkan Keputusan Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017, seluruh atlet berprestasi peraih medali emas akan mendapatkan bonus sebesar Rp 300 juta. Hanya saja, ada rencana kenaikan nominal bonus.

"Masih dirapatkan dengan DPRD DKI Jakarta," kata Ratiyono di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (3/9/2018).

Untuk peraih medali perak dan perungu pun tidak ketinggalan mendapat bonus. Termasuk juga para pelatih dan asistennya.

"Khusus untuk perak akan mendapatkan bonus Rp 150 juta. Kalau perunggu sebesar Rp 90 juta," jelas Ratiyono.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 22 Anggota DPRD Malang Ditahan KPK, Gedung Sepi Kegiatan

Posted: 03 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan 22 anggota DPRD Kota Malang yang menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. Mereka diduga menerima uang dari Wali Kota nonaktif Malang, Moch Anton.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dibanding Lira dan Peso, Rupiah Jauh Lebih Kuat dari Gempuran Dolar AS

Posted: 03 Sep 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan dalam beberapa pekan terakhir. Namun pelemahan rupiah ini tidak terlalu dalam jika dibandingkan mata uang di beberapa negara lain.

Dikutip dari data Reuters, dari awal tahun hingga Akhir Agustus atau year to date, rupiah hanya melemah 8,4 persen. Angka tersebut lebih kecil jka dibandingkan dengan negara berkembang lainnya.

Untuk periode yang sama, rupe India mengalami 10,4 persen dan Rubel Rusia tertekan hingga 15,1 persen. Tak hanya negara tersebut, mata uang rand Afrika Selatan melemah hingga 16,7 persen.

Sedangkan untuk mata uang real Brasil mengalami tekanan yang cukup dalam mencapai 20,4 persen. Untuk Lira Turki pelemahannya hingga 42,9 persen dan peso Argentina mencapai 51,1 persen.

Sedangkan khusus sepanjang Agustus 2018, rupiah hanya melemah 1,6 persen. Jauh di bawah peso yang tercatat 26 persen dan lira yang mencapai 25 persen.

Chief Market Strategist FXTM Hussein Sayed menjelaskan, pelemahan nilai tukar rupiah ini bukan karena faktor dari dalam negeri tetapi lebih terserah karena faktor eksternal.

"Aksi jual lira Turki dan peso Argentina sangat berperan pada depresiasi drastis rupiah," jelas dia.

Saat ini memang Turki dan Argentina tengah masih dalam fase ketidakpastian ekonomi. Hal tersebut membuat investor melepas aset-aset beresiko seperti mata uang di negara berkembang termasuk rupiah.

Namun memang, pelemahan rupiah tidak terlalu besar karena kondisi ekonomi makro cukup stabil. Bahkan BI sebelummnya telah melakukan aksi antisipasi dengan menaikkan suku bunga acuan selama beberapa kali.

Sebelumnya, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan bahwa seharusnya pelemahan rupiah ini tidak perlu ditakutkan karena stabilitas ekonomi dan keuangan bisa terjaga dengan baik.

"Likuiditas terjaga baik, non performing loan (NPL) di perbankan Indonesia bahkan menurun dibandingkan 2015 dari 3,2 persen menjadi 2,7 persen." kata Mirza.

Seluruh Mata Uang di Dunia Melemah Terhadap Dolar AS

Teller menghitung mata uang dolar di penukaran uang di Jakarta, Jumat (20/4). Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Mirza mengakui bahwa nilai tukar rupiah terus mengalami tekanan terhadap dolar AS. Namun tekanan itu tak hanya dialami oleh rupiah saja.

"Sebenarnya di dunia ini yang melemah bukan cuma rupiah. Swedish crown juga melemah 10 persen, dolar Australia juga melemah 6 persen. Jadi di seluruh dunia melemah terhadap dolar AS," jelas dia padca 31 Agustus 2018.

Ada dua penyebab utama yang membuat nilai tukar di seluruh dunia melemah terhadap dolar AS. Penyebab pertama adalah kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh Bank Sentral AS atau the Federal Reserve (the Fed).

Kenaikan suku bunga ini membuat dana-dana yang tadinya parkir di negara berkembang seperti Indonesia pulang kembali ke tempat asal. Akibatnya, pasokan dolar AS di RI berkurang.

Alasan kedua adalah adanya strategi ekonomi yang dijalankan oleh Presiden AS Donald Trump. Berbagai macam perang dagang yang dijalankan oleh AS membuat investor mencari instrumen investasi yang akan yaitu dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Lebih Jauh UEFA Nations League

Posted: 03 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta UEFA kembali membuat terobosan baru. Pada tahun 2018 ini mereka menciptakan Nations League yang berfungsi untuk menggantikan laga uji coba internasional dan menyajikan kompetisi di tahun-tahun tanpa turnamen besar (Euro dan Piala Dunia).

Menukil laman resmi UEFA, UEFA Nations League akan melibatkan seluruh 55 negara UEFA yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kekuatan tim nasional. UEFA dan asosiasinya menginginkan sepak bola timnas yang lebih berkelas dan kompetitif. 

Setiap negara, pelatih, pemain dan para suporter sepakat bahwa pertandingan persahabatan tak sanggup memenuhi kebutuhkan pertandingan yang kompetitif. Maka terciptalah UEFA Nations League.

Agenda ini sudah digodok UEFA sejak 2011 lalu dan baru terwujud pada 2018 ini. Uniknya, terdapat sistem promosi dan degradasi di UEFA Nations League. 55 timnas tersebut terbagi dalam empat liga yang dilandaskan pada peringkat koefisien negara yang ditentukan UEFA pada 11 Oktober 17.

Liga A termasuk tim-tim terkuat dan Liga D yang terendah.

Pembagian Grup

Trofi Nations League. (AFP/Philippe Desmazes)

Mempertandingkan 55 tim sekaligus nyaris tak mungkin, oleh sebab itu UEFA membaginya dalam empat liga. Bukan grup. Empat liga. Yakni liga A, B, C dan liga D. UEFA Memastikan persaingan akan berjalan ketat di tiap liga. Berikut pembagian liga dan grup UEFA Nations League:

Liga A

Grup A1: Jerman, Prancis, Belanda

Grup A2: Belgia, Swiss, Islandia

Grup A3: Portugal, Italia, Polandia

Grup A4: Spanyol, Inggris, Kroasia

Liga B

Grup B1: Slovakia, Ukraina, Republik Ceko

Grup B2: Rusia, Swedia, Turki

Grup B3: Austria, Bosnia dan Herzegovina, Irlandia Utara

Grup B4: Wales, Republik Irlandia, Denmark

Liga C

Grup C1: Skotlandia, Albania, Israel

Grup C2: Hongaria, Yunani, Finlandia, Estonia

Grup C3: Slovenia, Norwegia, Bulgaria, Siprus

Grup C4: Romania, Serbia, Montenegro, Lithuania

Liga D

Grup D1: Georgia, Latvia, Kazakhstan, Andorra

Grup D2: Belarus, Luxembourg, Moldova, San Marino

Grup D3: Azerbaijan, Kepulauan Faroe, Malta, Kosovo

Grup D4: FYR Makedonia, Armenia, Liechtenstein, Gibraltar

Peraturan

Demi menciptakan kompetisi yang tak setengah-setengah, UEFA butuh tujuh tahun untuk mendiskusikan konsep UEFA Nations League. Kini, setelah pertimbangan matang, beberapa peraturan ditentukan untuk membuat liga yang kompetitif. Berikut di antaranya:

- Dibagi berdasarkan nilai koefisien UEFA

- Setiap tim bertemu dua kali dalam format kandang/tandang

- Empat tim yang menjadi pemuncak grup berhak promosi ke liga di atasnya di edisi 2020

- Empat tim yang berada di dasar klasemen akan terdegradasi ke liga di bawahnya di edisi 2020

- Liga A dan B terdiri atas empat grup yang berisikan tiga tim

- Liga C terdiri atas satu grup yang berisikan tiga tim dan tiga grup lainnya empat tim

- Liga D terdiri dari empat grup yang berisikan empat tim

- Peringkat keseluruhan UEFA Nations League akan menentukan komposisi pot undian kualifikasi Euro

- UEFA Nations League akan memberikan kesempatan lain untuk lolos ke UEFA Euro, empat tim yang menang di UNL akan memainkan laga play-off.

Kapan

Laga pertama UEFA Nations League edisi pertama ini akan mempertemukan Kazakhstan vs Georgia, 6 September 2018 waktu setempat. Tim besar yang bertemu adalah Jerman kontra Prancis di hari yang sama. Fase grup ini rencananya akan dituntaskan pada bulan November tahun ini.

Setelahnya keempat pemenang  liga A akan bertemu di semifinal yang dihelat pada Juni 2019 mendatang untuk menjadi juara pertama UEFA Nations League. Satu negara akan dipilih sebagai tuan rumah yang diumumkan pada Desember 2018 mendatang. Play-off untuk Euro 2024 akan dilangsungkan pada Maret 2020 nanti.

Kompetisi ini memang masih baru dan perlu uji coba untuk memastikan kualitasnya. Dapat dikatakan UEFA Nations League edisi pertama ini akan menjadi landasan pengembangan kompetisi negara-negara Eropa di tahun-tahun berikutnya.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Della Perez Gantikan Julia Perez di Film Jejak Cinta

Posted: 03 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adik kandung mendiang Julia Perez, Della Perez, bermain film untuk pertama kalinya yang berjudul Jejak Cinta. Sejatinya, peran yang dimainkan oleh Della adalah untuk sang kakak. Namun, nasib berkata lain, Julia Perez telah lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa. 

Della Perez mengaku seharusnya sang kakaklah yang berperan dalam film ini. Pihak rumah produksi meminta salah satu pihak keluarga dari Julia Perez untuk bisa menggantikan aktingnya.

"Saya sih senang banget ya. Soalnya ini film pertama aku, dan sebenarnya ini film almarhum kan, tapi karena kakak aku enggak ada jadi aku yang menggantikan," ujar Della Perez kepada wartawan saat Gala Premier film Jejak Cinta di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (2/9/2018). 

Bermain dalam film perdananya sempat membuat Della Perez tak percaya diri ketika harus berakting di film besutan Tarmizi Abka ini. Dirinya pun sempat menangis dan terpikir untuk melepas kesempatan emas yang sudah dipercayakan padanya.

"Aku tuh sempat down banget takut enggak bisa main di film ini. Sudah nangis dan bilang ke bunda kalau enggak bisa. Bunda terus bilang ke aku, 'Kenapa nangis kamu pasti bisa'. Alhamdulillah semua perjalanan berhasil dilalui," kata Della Perez.

 

Sempat Takut

Della Perez (Deki Prayoga/bintang.com)

Dalam debut layar lebarnya, Della Perez langsung dihadapkan pada aktor serta aktris senior yang sudah makan asam garam industri perfilman. Bahkan, ia ketakutan tatkala harus beradu akting dengan aktor gaek Mathias Muchus. 

"Aku takut sama Om Mathias. Aku kan baru berakting di dunia film, duh bisa enggak ya, apalagi dia jadi papa aku dan karakter aku berat banget. Tapi malah diajarin akting itu bagaimana. Dia baik banget padahal aku yang sempat takut gitu. Dia senior yang paling the best deh," kata janda cantik ini.

 

 

Belajar Akting

Della Wulan, adik bungsu Julia Perez

Lantaran Mathias Muchus sosok yang rendah hati, dia pun mengajari Della bagaimana serunya berakting. Dimulai dari mendalami peran hingga menampilkannya secara meyakinkan di hadapan kamera. 

"Alhamdulillah berkat Om Mathias aku bisa. Soalnya karakter aku ini kasih beban banget. Udah depresi, papa masuk penjara, lalu ditinggal pacar gitu. Untungnya Om Mathias selalu semangati, 'Ini film pertama lo kan? Lo pasti bisa'. Jadi kalau ada waktu sela dikit aku minta diajarin. Aku belajar banyak dari dia. Kalau enggak ada dia aku enggak tahu deh," cerita wanita berusia 28 tahun itu. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar Skuat Juventus di Liga Champions 2018-2019

Posted: 03 Sep 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jawara Serie A, Juventus merilis daftar pemain yang dibawa untuk mengikuti fase grup Liga Champions musim 2018-19 ini.

Dalam drawing yang digelar di Monaco, Kamis (30/8/2018) lalu, Juventus tergabung di Grup H yang terbilang berat bersama Manchester United, Valencia, dan Young Boys. 

Juventus akan mengawali kiprah mereka dengan melawat ke markas Valencia, Mestalla, dalam matchday pertama pada Kamis (20/9/2018) dini hari WIB mendatang.

Dalam daftar skuat ini, allenatore Massimiliano Allegri memasukkan hampir semua pemainnya di tim utama, termasuk bintang anyar mereka yang musim lalu menjadi juara bersama Real Madrid, Cristiano Ronaldo.

Satu nama yang terpaksa dicoret Allegri adalah full-back Leonardo Spinazzola yang masih menjalani masa pemulihan cedera. Berikut daftar skuat Juventus untuk Liga Champions selengkapnya.

Szczesny, De Sciglio, Chiellini, Benatia, Pjanic, Khedira, Ronaldo, Dybala, Douglas Costa, Alex Sandro, Matuidi, Barzagli, Cuadrado, Mandzukic, Kean (daftar B), Bonucci, Cancelo, Pinsoglio, Perin, Emre Can, Rugani, Bentancur, Bernardeschi.

Jadwal Juventus

Logo dan ilustrasi Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

19/9 - Valencia vs Juventus

2/10 - Juventus vs Young Boys

23/10 - Manchester United vs Juventus

7/11 - Juventus vs Manchester United

27/11 - Juventus vs Valencia

12/12 - Young Boys vs Juventus.

Sumber Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Pelanggan Nasional, BPJSTK Bagikan 1.000 Kartu Uang Elektronik

Posted: 03 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang diperingati setiap tanggal 4 September selalu memberikan semangat baru kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk terus memberikan pelayanan prima kepada seluruh peserta.

Tahun ini, tepatnya pada hari ini, Selasa (4/9/2018), BPJS Ketenagakerjaan merayakannya dengan membagikan 1.000 kartu uang elektronik pada dua stasiun kereta di Jakarta, yaitu Stasiun Jakarta Kota dan Stasiun Palmerah.

Pembagian kartu ini dilakukan langsung oleh Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Inda D Hasman.

Krishna mengatakan, "Semangat Hari Pelanggan Nasional selalu menjadi pemacu kami untuk terus memberikan pelayanan prima kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan."

Pihaknya akan membagikan 1.000 kartu uang elektronik berisi Rp 20 ribu kepada pengguna kereta api yang memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan di dua stasiun yang dianggap cukup padat para pekerja.

Dia menjelaskan bahwa cara untuk memperoleh kartu uang elektronik ini juga sangat mudah, peserta hanya perlu menunjukkan kartu BPJS Ketenagakerjaan dan KTP kepada Panitia Harplenas BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, Inda menambahkan, "Kartu ini di-design khusus dengan logo BPJS Ketenagakerjaan dan informasi seputar program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan dengan harapan bahwa pekerja selalu mengingat kami dan juga sebagai media edukasi."

Kemeriahan Harpelnas

Direktur Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Krishna Syarif dan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Inda D Hasman (BPJSTK)

Kemeriahan Harpelnas tidak hanya dirasakan oleh pekerja yang berada di sekitar dua stasiun tersebut, tetapi juga seluruh kantor cabang dan kantor cabang perintis juga ikut merayakan dengan mendekorasi hiasan di ruang pelayanan menjadi lebih menarik dan mewajibkan frontliner untuk menggunakan pakaian unik saat memberikan pelayanan kepada peserta.

Selain itu, BPJS Ketenagakerjaan juga membagikan souvenir menarik melalui kuis berhadiah kepada peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar BPJS Ketenagakerjaan atau berulang tahun di bulan September.

Tak hanya itu saja, BPJS Ketenagakerjaan juga menggelar lomba membuat cerita untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan. Ceritanya wajib bertemakan "BPJS Ketenagakerjaan Selalu di Hatiku" yang menceritakan pengalaman menarik peserta saat datang ke kantor cabang/kantor cabang perintis atau saat dilayani oleh petugas BPJS Ketenagakerjaan dan dibagikan melalui sosial media (Facebook dan Instagram) dengan menuliskan hashtag #BPJSKETENAGAKERJAANSELALUDIHATIKU.

"Harpelnas ini juga merupakan momen untuk lebih peka dalam memahami kebutuhan peserta atau pelanggan agar dapat memberikan kepuasan sesuai dengan yang mereka harapkan. Kami berharap dengan segala inovasi kegiatan ini dapat meningkatkan brand awareness BPJS Ketenagakerjaan agar lebih dikenal lagi serta lebih dekat di hati peserta, dan semoga kami juga bisa terus memberikan yang terbaik kepada masyarakat pekerja," kata Krishna.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ledakan Pabrik Amunisi di Afrika Selatan, 8 Orang Tewas

Posted: 03 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Cape Town - Sedikitnya delapan orang tewas dalam ledakan di sebuah pabrik amunisi di Afrika Selatan pada Senin 3 September 2018 pagi waktu setempat.

Menurut juru bicara dinas pemadam kebakaran setempat, Theo Layne, insiden itu terjadi di Distrik Somerset West, tidak jauh dari Cape Town.

Penyebab ledakan belum diketahui, tetapi seorang saksi mata melaporkan melihat bola api besar dari jarak lima kilometer jauhnya, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa (4/9/2018).

Petugas pemadam kebakaran terus mencari korban lain yang diyakini masih terjebak di reruntuhan bangunan.

"Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamat Kota menanggapi laporan kebaran di Pabrik tersebut pada pukul 15.45," kata Layne.

"Empat orang lainnya dipastikan mengalami cedera yang fatal. Petugas pemadam kebakaran terus melakukan pencarian dan penyelamatan terhadap enam orang yang dilaporkan hilang," lanjut Layne menjelaskan.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab ledakan tersebut. Polisi disebut masih melakukan penyisiran, dibantu oleh tim forensik dan pihak ahli dari perusahaan amunisi terkait.

Rheinmetall-Denel (RDM), nama pabrik amunisi tersebut, merupakan badan usaha milik bersama antara perusahaan Jerman-Afrika Selatan, yang memproduksi amunisi dan produk peledak untuk militer dan polisi dalam negeri, serta klien internasional.

Perusahaan itu mengatakan dalam sebuah pernyataan resmi, bahwa sebuah ledakan terjadi di salah satu bangunannya, tetapi tidak memberikan rincian tentang korban jiwa atau cedera.

"Kami sedang menyelidiki masalah ini," kata juru bicaranya.

 

Simak video pilihan berikut:

 

 

Pemerintah Sampaikan Belasungkawa

Bendera Afrika Selatan (Wikipedia)

Pejabat kepresidenan David Mabuza dan Jaksa setempat, disebut telah menyampaikan belasungkawa kepada keluarga delapan orang yang tewas dalam ledakan tersebut pada Senin petang.

"Kami ingin menyatakan, atas nama negara dan pemerintah, belasungkawa kami yang terdalam untuk semua keluarga dari seluruh korban meninggal. Semoga jiwa mereka beristirahat dalam damai," kata Mabuza.

Mabuza juga menyampaikan harapan agar semua yang cedera cepat pulih, dan mendesak pihak berwenang untuk melakukan penyelidikan hingga tuntas, dan mengambil tindakan tepat terhadapnya.

"Kami memuji upaya Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cape Town, dan percaya bahwa mereka akan terus bekerja tanpa lelah, memastikan bahwa semua orang yang dilaporkan hilang telah ditemukan," tukas Mabuza.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tyas Mirasih dan Kehebohan Pasar Teluk Jering yang Dipadati Pengunjung

Posted: 03 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Kampar Destinasi digital yang baru dibentuk Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Riau, Pasar Teluk Jering, langsung membuat gebrakan. Minggu (2/9), destinasi yang berada di Dusun Tiga, kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Riau, dibanjiri pengunjung.

Pengunjung yang hadir tercatat sebanyak 11.136 orang. Masyarakat dan dan wisatawan rupanya antusias ingin menyaksikan artis sinetron Tyas Mirasih. Tyas tiba di Pasar Teluk Jering sekitar pukul 15.00 WIB. Ia tampil kasual dengan atasan kaos berwarna dipadu celana hitam.

Beberapa spot yang instagramable, didatangi selebritis asal Bandung, Jawa Barat itu. Di antaranya jembatan kembar, pantai cinta, wahana permainan air, dan taman cinta.

Tyas yang datang dengan suami, memuji Pasar Teluk Jering. Menurutnya, destinasi digital ini sangat menarik. Sangat wajib untuk dikunjungi.

"Ada berbagai tempat yang instagramable dan sangat indah di sini. Ada juga berbagai tempat permainan di pantai cinta dan wahana permainan air di sungai. Selain itu, Pantai Teluk Jering juga memiliki berbagai macam kuliner khas," kata Tyas Mirasih.

Di Pasar Teluk Jering, Tyas sempat mencoba dodol khas Riau. Ia bahkan memborong sejumlah dodol untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Tyas Mirasih hadir didampingi Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau, Fahmizal Usman. Kadispar sangat menyambut baik kedatangan Tyas Mirasih di Pasar Teluk Jering.

"Ini sangat luar biasa, kedatangan Tyas Mirasih ke Destinasi digital pasar Teluk Jering memberikan dampak besar terhadap perekonomian masayarakat Dusun Tiga Teluk Kenidai," jelasnya.

Menurut Fahmizal, tingginya kunjungan masyarakat ke Pasar Teluk Jering dikarenakan luar biasanya promosi yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan GenPI.

"Angka 11.136, adalah berdasarkan laporan dari ketua Kelompok Sadar Wisata Teluk Jering kepada kepada rekan-rekan media," tambahnya.

Fahmizal Usman juga mengucapkan terimakasih kepada Kementerian Pariwisata, komunitas GenPI, awak media massa dan para penggiat media sosial yang sudah membantu mempromosikan Destinasi digital pasar Teluk Jering.

Menteri Pariwisata Arief Yahya juga antusias saat mengetahui Pasar Teluk Jering kebanjiran pengunjung.

"Ini salah satu bukti kekuatan GenPI. Mereka bisa bekerja luar biasa di online dan offline. Melalui promosi yang mereka lakukan, pengunjung menjadi membludak. Selamat buat Pasar Teluk Jering," katanya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cucuran Air Mata Pedagang Pasar Gedebage Melihat Sisa-Sisa Kebakaran

Posted: 03 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Kebakaran yang menimpa Pasar Induk Gedebage, pada Senin, 3 September 2018 sore, menimbulkan duka mendalam bagi para pedagang yang memiliki kios di pasar induk di Kota Bandung tersebut. Kerugian yang mereka alami tidak sedikit. Kios maupun barang dagangan mereka ludes terbakar.

Para pemilik kios terlihat langsung membersihkan dan memunguti puing-puing bangkai kios barang yang sudah hangus dilahap si jago merah pada Selasa (4/9/2018).

Tak sedikit juga mereka yang berusaha mencari barang dagangan yang masih tersisa di balik puing-puing kebakaran, berharap ada yang masih bisa diselamatkan. Seperti salah satu korban pedagang sembako yang kiosnya terbakar, Fia (40).

Ia tampak histeris saat melihat dua ton beras dagangannya ludes terbakar. Fia menceritakan, saat kebakaran terjadi, ia tengah berada di kios miliknya. "Saya tahunya dari suami karena saya sudah berada di rumah," kata Fia sambil tersedu.

Fia mengaku sudah dua kali menjadi korban kebakaran Pasar Gedebage. Pada 15 Juli 2018 lalu, saat pasar ini kebakaran, api turut melalap beras dagangannya. "Jaraknya baru sebulan setengah sudah kejadian lagi," ucapnya.

Fia bersama pegawainya tengah membersihkan puing dan mencari barang dagangan yang tersisa dengan harapan bisa menyelamatkannya. Sementara itu ia menaksir kerugian mencapai Rp 30 juta. "Waktu kebakaran pertama lebih besar lagi, yang terbakar sampai 15 ton," kata dia.

Neng (36), pedagang lainnya di Pasar Gedebage, mengaku tidak bisa menyelamatkan barang dagangannya saat kejadian kebakaran berlangsung. "Ya pas kejadian memang lagi jualan. Tapi apinya cepat merembet karena anginnya kencang," jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran melanda pasar di los 6 dan 7. Jumlah kios yang terbakar, yakni sebanyak 120 kios. Pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab kebakaran.

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inapgoc Ingin Asian Para Games 2018 Ikuti Sukses Asian Games 2018

Posted: 03 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Asian Games 2018 dtutup secara resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam. Tapi bukan berarti pekerjaan sudah selesai karena Indonesia masih akan menjadi tuan rumah gelaran Indonesia 2018 Asian Para Games, pada 6-13 Oktober mendatang, di Jakarta.

Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games, INAPGOC, tidak membuang waktu dan langsung fokus menggelar persiapan akhir pada sekitar satu bulan menjelang berlangsungnya pesta olahraga atlet penyandang disabilitas terbesar kedua di dunia ini.

Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari, mengatakan dirinya sudah menugaskan seluruh anggota INAPGOC untuk melakukan pengamatan langsung di lapangan selama berlangsungnya gelaran Asian Games 2018.

"Dengan melakukan pengamatan langsung, kami bisa melihat kondisi di lapangan secara nyata. Dan, dari pengamatan selama kurang lebih dua minggu kami melihat banyak hal yag bisa menjadi pelajaran buat INAPGOC dalam penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games," ujar Okto dalam rilis yang diterima wartawan.

"Yang positif tentunya jadi bahan masukan untuk kami, sementara yang negatif jadi bahan pelajaran agar kami bisa melakukan dengan lebih baik lagi," jelasnya.

Beberapa venue kompetisi Asian Games 2018 yang berada di Gelora Bung Karno juga akan digunakan pada Indonesia 2018 Asian Para Games mendatang, yaitu Stadion Utama, hall basket, Istora, Stadion Akuatik, lapangan hoki, dan lapangan panahan. Venue kompetisi Asian Games 2018 di luar GBK yang juga akan menjadi tuan rumah Indonesia 2018 Asian Para Games adalah Jakarta International Velodrome dan JIExpo.

 

Penataan GBK

Pebasket difabel Indonesia bersama Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari usai meraih medali perak Indonesia Para Games Invitational Tournament 2018 di Hall A GBK, Jakarta, Senin (2/7). Indonesia kalah dari Thailand 35-58. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Salah satu hal yang menjadi masukan bagi INAPGOC adalah penataan kawasan Gelora Bung Karno yang disulap menjadi area fan fest yang diberi nama Asian Fest. Di sana tersedia beberapa layar besar di mana pengunjung bisa menyaksikan siaran langsung kompetisi dan juga kios-kios kuliner dan kerajinan milik UKM.

"Kami akan melanjutkan konsep area publik di kawasan Gelora Bung Karno, seperti yang dilakukan oleh INASGOC, tapi dengan konsep dari Asian Para Games yang lebih humanis, karena kami harus mempertimbangkan faktor aksesibilitas," ucap Okto lagi.

Kegiatan torch relay akan menjadi acara pembuka kampanye 30 hari menjelang penyelenggaraan Indonesia 2018 Asian Para Games dengan pengambilan api di Mrapen, Solo, pada Rabu (5/9) mendatang. Setelah itu, api akan dibawa ke Ternate pada Minggu (9/9) mendatang sekaligus meramaikan perayaan Hari Olahraga Nasional 2018 yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Semangat Dukungan

"Kegiatan torch relay ini akan menjadi bagian dari sosialisasi Indonesia 2018 Asian Para Games di seluruh Indonesia karena akan menjangkau delapan kota yang mewakili ribuan pulau di Nusantara," terangnya.

"Kami ingin kegiatan torch relay ini menggelorakan semangat dukungan dari seluruh komponen bangsa Indonesia terhadap kesetaraan penyandang disabilitas," kata Okto melanjutkan.

Indonesia adalah negara ketiga yang menjadi tuan rumah gelaran Asian Para Games, setelah China (Guangzhou) di tahun 2010 dan Korea Selatan (Incheon) di tahun 2014. Indonesia 2018 Asian Para Games akan menjadi gelaran terbesar dengan 3.886 atlet dari 42 negara sudah terdaftar hingga saat ini.

Mereka akan turun di 568 nomor dari 18 cabang olahraga, yang juga merupakan jumlah terbesar dalam sejarah Asian Para Games hingga saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Haters Menjamur di Media Sosial, Apa Pemicunya?

Posted: 03 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bagi kamu yang aktif di dunia media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau platform lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai macam komentar (positif ataupun negatif).

Namun dengan semakin banyaknya selebritas dan tokoh ternama (seperti tokoh politik) yang aktif di media sosial, makin banyak pula akun-akun haters bermunculan.

Menjamurnya akun haters di berbagai platform media sosial menjadi fenomena tersendiri di sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Ambil contoh adalah ketika pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus 2018, di mana Presiden Jokowi tampil apik ketika mengendari motor gede (moge) layaknya di film aksi menuju Stadion Glora Bung Karno (GBK).

Di saat beberapa warga Tanah Air memuji penampilannya, tak sedikit pula orang mencibir aksi tersebut sebagai pencitraan hingga membohongi masyarakat (karena tak mungkin seorang Presiden bisa melakukan hal itu).

Ada pula akun media sosial yang mempermasalahkan pengibaran bendera China dan dinyanyikannya lagu kebangsaan negara tersebut di upacara penutupan Asian Games 2018.

Padahal sebelumnya, beredar pesan berantai yang mengingatkan agar tak ada yang meributkan pengibaran bendera dan lagu kebangsaan China di akhir penutupan Asian Games 2018.

Berikut isi dari pesan berantai tersebut:

Temen-temen Grup WA yang berbahagia, malam nanti saat Closing Ceremony Asian Games ke 18 tahun 2018, pada segmen (protokol) ketiga terakhir sebelum pemadaman api akan ada pengibaran bendera China dan pemutaran lagu kebangsaan China.

Bukan, bukan karena negara kita dikuasai Aseng, namun memang seperti itu adanya sebab tuan rumah Asian Games ke 19 tahun 2022 adalah Hangzhou, China.

Bendera dan lagu kebangsaan kita juga dikumandangkan di Incheon, Korea Selatan pada Closing Ceremony Asian Games ke 17 tahun 2014. Gak percaya? Google aja.

Pesan berantai di atas kemungkinan besar sebagai pengingat agar tidak terjadi kesalahpahaman. Berkaca dari isu tersebut, apa yang membuat fenomena haters di media sosial ini tumbuh subur?

"Secara umum media sosial itu tempat orang mencurahkan perasaan, baik senang, sedih, susah dan lain-lain. Ketika perasaan satu orang disampaikan, orang lain akan mengikuti," jelas pakar media sosial Nukman Luthfie kepada Tekno Liputan6.com via sambungan telepon, Selasa (4/9/2018) di Jakarta.

Faktor Penentu

Ilustrasi haters. Dok: collegian.com

"Jadi ketika ada orang lain dengan perasaan yang sama nimbrung, lalu menuangkan rasa kekecewaan itu lebih mudah. Terlebih lagi karena ini online, ungkapan rasa kekecewaan pun semakin mudah menyebar," katanya menambahkan.

Ia menyebutkan, ada faktor penentu yang membuat haters makin menjamur di media sosial. Faktor pertama berhubungan dengan ungkapan kebencian kerap menyebar lebih cepat dan lebih kuat karena tidak tatap muka.

Haters juga tidak pernah kumpul atau bertemu secara langsung, sehingga menggunakan media sosial untuk "bertemu". Mereka juga biasanya tidak memakai nama asli, hal ini semakin membuatnya lebih berani dan vokal berujar kebencian.

"Selain menyebarkan seruan kebencian, haters juga sering menyebar berita-berita hoax atau berita palsu. Padahal mereka belum tentu mengerti apa isi berita yang mereka sebar," ucap Nukman.

Berita Hoax Jelang Pilpres

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Jelang pilpres tahun depan, penyebaran berita hoax dari akun-akun haters yang mendukung masing-masing calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pun dipastikan semakin marak bermunculan.

Menyikapi hal tersebut, Nukman mengatakan, "Pro dan kontra dari masing-masing pendukung capres dan cawapres pasti bakal ramai bermunculan. Namun, mereka harus buka mata bagaimana keduanya tampak akrab ketika Asian Games 2018."

"Seperti kompetisi olahraga, Pilpres 2019 nanti pasti bakalan ada yang menang dan ada yang kalah. Jangan khawatir ada perpecahan, toh pak Prabowo dan Jokowi masih memiliki hubungan yang baik dan sering diskusi walau saling berebut posisi," ujarnya melanjutkan.

Terakhir, Nukman memberikan beberapa tips bagaimana cara menyikapi haters di media sosial. "Amannya tidak usah diikutin. Kalau ada yang mem-bully dan menyebarkan hoax tinggal lapor di platform terkait."

(Dam/Ysl/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tujuh Pekerja Tambang Emas Ilegal Tertimbun di Jambi

Posted: 03 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peristiwa tertimbunnya pekerja tambang emas ilegal di kabupaten Merangin, Jambi kembali terjadi.

Tujuh pekerja tewas tertimbun di dalam lubang tambang emas milik warga itu.  Diduga masih ada korban lainnya karena saat kejadian puluhan pekerja sedang menambang emas.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Datang ke Indonesia, Ini Lokasi Favorit iKON

Posted: 03 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta iKON terus menjadi perbincangan setelah sukses tampil di Closing Ceremony Asian Games 2018. Di pesta penutupan olahraga terbesar se-Asia itu, iKON mengguncang Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Meski hanya menyanyikan dua lagu, penggemar iKON merasa puas menyaksikan idolanya.

Berbagai foto dan video iKON selama berada di Indonesia pun sempat tersebar luas. Salah satunya, video singkat wawancara iKON.

Di video yang kemungkinan diambil sebelum Closing Ceremony Asian Games 2018, Bobby dan kawan-kawan mengungkapkan lokasi favoritnya di Indonesia.

Indah

Boy Band asal Korea, Ikon, saat penutupan Asian Games di SUGBK, Jakarta, Minggu (2/9/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

"Bali. Kami pernah ke sana. Di sana snagat indah," sebut personel iKON beramai-ramai.

Namun iKON tak menjelaskan lanjut kegiatan yang mereka lakukan selama di Pulau Dewata. Di video singkat itu, iKON juga menyebutkan mereka berharap bisa ke sana lagi suatu hari nanti.

Langsung Pulang

Boy band Korea Selatan, iKON tampil menghibur penonton pada upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9). Mereka membawakan dua lagu selama 20 menit. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebuah kabar menyebutkan, member iKON terpaksa langsung pulang setelah Closing Ceremony Asian Games 2018.

Dari forum penggemar YGFamily dikabarkan, member iKON masih sibuk hingga tak bisa menikmati momen lain di Indonesia.

Konser

Boy band Korea Selatan, iKON tampil menghibur penonton pada upacara penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9). Mereka membawakan dua lagu hits. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Meski begitu penggemar iKON yang disbeut iKONIC tak kecewa. iKON akan kembali lagi ke Indonesia pada November 2018.

Kedatangannya Jinhwan, Yunhyeong, Bobby, B.I, Donghyuk, Ju-ne dan Chanwoo untuk menggelar konser di Indonesia.

Kejutan

Boy Band asal Korea, Ikon saat penutupan Asian Games di SUGBK, Jakarta, Minggu (2/9/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Konser di Indonesia kali ini, iKON akan memberikan kejutan kepada penggemar. Selain lewat nyanyian, penonton juga akan menikmati tontonan seru yaitu melihat tingkah konyol iKON.

Dalam sebuah wawancara, Bobby sempat menyebutkan, "di atas panggung, terkadang kami suka melakukan hal yang tidak terduga."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Kebut Pemasangan Tanda Batas Aset DKI

Posted: 03 Sep 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemprov DKI Jakarta mulai mengebut pemasangan tanda batas aset-aset tanah milik DKI dan milik warga. Kegiatan bernama Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas itu dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Ini adalah momen yang sebenarnya punya implikasi besar karena masalah tanah paling mendasar bagi kehidupan kita apalagi di perkotaan. Gerakan ini akan punya implikasi panjang sekali," ujar Anies di Jalan Perintis Kemerdekaan, Selasa (4/9/2018).

Anies menambahkan, pemasangan tanda batas adalah upaya menuju sertifikasi aset. Nantinya, tim dari Pemprov DKI dan Badan Pertanahan Nasional DKI akan melakukan pengukuran terhadap aset, menyusun peta dan mendaftarkan tanahnya.

Ia menyebut masih banyak serangkaian proses lain untuk mencatat aset-aset itu. "Jadi ini prosesnya panjang," ujar Anies.

Sementara itu, untuk aset milik warga, Anies menyebut pemasangan tanda batas untuk mendukung upaya sertifikasi lahan warga yang gencar dilakukan pemerintah.

Mantan Mendikbud itu menyebut warga yang memiliki tanah bersertifikat di Jakarta bisa terangkat derajat kesejahteraannya.

"Saya harap masyarakat manfaatkan kesempatan ini untuk bisa menata dan memberikan kepastian atas aset yang dimiliki," kata Anies.

 

300 Ribu Bidang Tanah Warga Akan Disertifikaasi

Kepala Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD) DKI Jakarta Achmad Firdaus mengatakan sekitar 332.655 bidang tanah warga yang akan dibuatkan sertifikat oleh BPN DKI Jakarta.

Sementara itu, aset DKI Jakarta yang sudah bersertifikat baru sekitar 49 persen atau 2.895 dari 5.822 bidang tanah. Sisanya, yaitu 2.927 bidang tanah, belum bersertifikat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hari Terakhir Jakarta Great Sale, Mal Masih Tawarkan Diskon hingga 70 Persen

Posted: 03 Sep 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mal dan pusat belanja di Ibukota masih menawarkan diskon belanja hingga 70 persen di hari terakhir penyelenggaraan Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018.

Ketua Pelaksana (FJGS) 2018 Ellen Hidayat mengatakan, setelah digelar mulai 12 Agustus lalu, FJGS 2018 akan berakhir pada hari ini. Namun demikian, tawar diskon belanja hingga 70 persen masih tetap berlaku hingga akhir jam operasional mal yang ikut serta dalam FJGS ini.

"Umumnya diskon (masih) tetap (70 persen)," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Selain itu, lanjut dia, mal dan pusat belanja juga memberikan promo lain seperti tambahan voucher dengan nilai transaksi belanja tertentu.

Promo-promo tersebut juga dalam rangka menyemarakan Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) yang jatuh pada 4 September ini.

"Ada beberapa tenant memberikan tambahan voucher bila belanja dengan nilai tertentu," kata dia.

Sementara dari sisi target, hingga saat ini total transaksi yang diraup sejak awal penyelenggaraan FJGS 2018 sebesar Rp 3,5 triliun. Hingga berakhirnya FJGS diharapkan total transaksi bisa mencapai Rp 4 triliun, seperti yang ditargetkan.

 

 

Ada Asian Games, Mal Bakal Kebanjiran Pengunjung

Pembeli memilih sepatu yang dijual di Mal Ciputra Semarang, Selasa (12/6). Menjelang Idul Fitri 1439 H, sejumlah pusat perbelanjaan mulai berlomba-lomba memberikan diskon agar menarik minat pengunjung untuk berbelanja. (Liputan6.com/Gholib)

Sebelumnya, gelaran Asian Games 2018 diharapkan memberikan dampak positif bagi ekonomi Indonesia, salah satunya dengan peningkatan kunjungan ke pusat belanja atau mal.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta Ellen Hidayat, hingga saat ini memang belum terlihat adanya peningkatan kunjungan yang signifikan di mal, khususnya dari para delegasi dan turis mancanegara. Namun hal ini dinilai masih wajar mengingat pesta olahraga terbesar di Asia ini baru saja dibuka secara resmi.

"Kalau traffic kemarin hari Sabtu baru ada kenaikan sekitar 10 persen. Traffic dari delegasi belum terlihat karena masih sibuk dengan opening ceremony," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 19 Agustus 2018.

Namun dia berharap, dalam satu pekan ke depan telah terjadi kenaikan kunjungan di mal khususnya dari delegasi dan turis Asian Games 2018. Kenaikannya diperkirakan bisa di atas 20 persen.

"Karena kita adakan Festival Jakarta Great Sale (FJGS), berikan sale, beragama acara juga diadakan selama periode itu. Jadi potensi (kenaikan) ada, karena shopping adalah suatu wisata belanja juga," kata dia.

Sementara untuk mal yang akan paling banyak terjadi peningkatan kunjungan selama Asian Games 2018, lanjut Ellen, yaitu yang lokasinya tidak jauh dari Gelora Bung Karno (GBK) dan wisma atlet.

"Mal yang potensi adalah mal yang letaknya searah dengan GBK dan juga dekat lokasi yang ditempati delegasi.‎ Perlu dipantau traffic dalam 1 minggu ke depan. Saat ini semua sedang bersiap untuk pertandingan," tandas dia.

"Kalau traffic kemarin hari Sabtu baru ada kenaikan sekitar 10 persen. Traffic dari delegasi belum terlihat karena masih sibuk dengan opening ceremony," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Minggu 19 Agustus 2018.

Namun dia berharap, dalam satu pekan ke depan telah terjadi kenaikan kunjungan di mal khususnya dari delegasi dan turis Asian Games 2018. Kenaikannya diperkirakan bisa di atas 20 persen.

"Karena kita adakan Festival Jakarta Great Sale (FJGS), berikan sale, beragama acara juga diadakan selama periode itu. Jadi potensi (kenaikan) ada, karena shopping adalah suatu wisata belanja juga," kata dia.

Sementara untuk mal yang akan paling banyak terjadi peningkatan kunjungan selama Asian Games 2018, lanjut Ellen, yaitu yang lokasinya tidak jauh dari Gelora Bung Karno (GBK) dan wisma atlet.

"Mal yang potensi adalah mal yang letaknya searah dengan GBK dan juga dekat lokasi yang ditempati delegasi.‎ Perlu dipantau traffic dalam 1 minggu ke depan. Saat ini semua sedang bersiap untuk pertandingan," tandas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Pinjamkan Motor ke Teroris Saja Bisa Kena Pidana

Posted: 03 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polri kini bisa menangkap dan menjerat pidana siapa saja yang memiliki keterkaitan dengan aksi terorisme baik langsung maupun tak langsung. Hal itu menyusul disahkannya UU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Pemberantasan Terorisme.

"Setelah ada perubahan UU sekarang kita bisa tindak, yang membantu dan meminjamkan motor saja bisa (dipidana)," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Peringatan ini diberikan, menyusul penangkapan teroris yang menembak dua polantas di Tol Cipali, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Selain meringkus tiga pelaku utama yakni Rajendra Sulistiyanto alias RS, Ica Ardeboran alias IA, dan Suherman alias S, polisi menangkap empat orang lainnya yang diduga membantu teror tersebut. Walaupun, empat orang ini tak terjun langsung ke lapangan, yakni C, G, KA, dan MU.

Namun, Setyo tak menjelaskan lebih rinci keterlibatan mereka dalam membantu aksi Rajendra cs.

"Masih ada beberapa (buron) tapi tidak langsung membantu dan turut serta," kata Setyo.

Rajendra, eksekutor penembakan dua polantas di Tol Cipali diketahui sebagai anggota Jamaah Anshor Daulah (JAD) Cirebon. Setidaknya dia terlibat empat teror selama 2018, mulai dari penyerangan Mako Brimob Depok, pembacokan anggota Polsek Bulakamba Brebes, pembacokan anggota Polresta Cirebon, dan penembakan dua polantas di Tol Cipali.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Balas Dendam

Polisi menduga, sederet aksi teror tersebut sebagai bentuk balas dendam atas penangkapan mertuanya Ahmad Surya bersama Ketua JAD Cirebon Heru Komarudin, Suki, dan Sandi atas kasus penyerangan Mako Brimob, Depok.

Setyo menyatakan, polisi sudah lama memiliki data dan memetakan jaringan JAD. Hanya saja polisi saat itu belum bisa melakukan upaya paksa sebelum adanya tindak pidana yang dilakukan oleh anggota JAD.

Kini setelah UU 5/2018 disahkan, polisi dapat menangkap mereka yang memiliki keterkaitan dengan aksi terorisme di Indonesia. Setidaknya ada 350 orang lebih yang telah ditangkap terkait kasus terorisme di Indonesia.

"Saya tidak bisa berikan data tapi yang jelas lebih dari 350 orang ditangkap. Ini ada barang bukti. Begitu selesai UU (disahkan), kita bergerak itu yang potensial melakukan aksi. Nggak ada barang bukti kalau dia JAD, kena. Kita fokus ke yang ada barang bukti dulu sambil nunggu rumah tahanan jadi," ucap Setyo.

Sebelumnya, dua anggota Subdit Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Jawa Barat Ipda (Anumerta) Dodon Kusdianto dan Aiptu Widi Harjana ditembak sekelompok orang saat berpatroli di KM 224 Tol Cipali pada Jumat 24 Agustus 2018 malam. Dodon meninggal dunia beberapa hari kemudian setelah sempat dirawat di rumah sakit.

Belakangan diketahui, pelaku merupakan anggota JAD Cirebon. Mereka diduga melakukan aksi itu sebagai bentuk balas dendam atas penangkapan yang dilakukan Densus 88 Polri terhadap keluarganya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sibuk Manggung, Rian D'Masiv Nyaris Tak Temani Istri Melahirkan

Posted: 03 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan saat ini tengah dirasakan oleh Rian Ekky Pradipta, atau yang akrab disapa Rian D'Masiv. Istri vokalis D'Masiv itu baru saja melahirkan anak kedua yang berjenis kelamin laki-laki.

Meskipun proses persalinan berjalan lancar, Rian D'Masiv sempat mengungkapkan rasa khawatir karena tak bisa menemani sang istri menjelang hari H. Pasalnya, belakangan ini jadwal manggung grup band D'Masiv tengah padat-padatnya.

"Itu jadwal manggung sudah ada dari sebulan sebelumnya, aku sudah nanya ini ke Ayu, gimana kalau aku pas lagi manggung? Dan dia sudah siap ketika tidak harus ditemani. Tapi alhamdulillah ternyata manggungnya enggak jauh-jauh amat, di daerah Bogor," ujar Rian D'Masiv dalam jumpa pers di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Asih, Panglima Polim, Jakarta Selatan. Senin (3/9/2018).

Meskipun nyaris tak bisa menemani saat bersalin, nyatanya sang istri, Sri Ayu Murtisari, tak pernah protes dengan kesibukan Rian. Menikah dan berkomitmen dengan Rian D'Masiv, membuat sang istri sadar betul terhadap konsekuensinya selama ini.

Tak Konsentrasi

Ryan d Masiv © KapanLagi.com

"Istri sih enggak pernah protes ya, dia sudah siap dan risiko dari awal nikah juga sudah tahu. Sampai semalam pun hampir enggak menemani. Untungnya bisa hadir di detik terakhir. Pas manggung, aku juga enggak konsen pengin cepat selesai saja, sampai enggak ngobrol sama penonton, aku hajar terus," jelasnya.

Bekerja Lebih Keras

Vokalis D'Masiv, Ryan Ekky Pradipta. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Diakui oleh Rian, melihat perjuangan dan pengorbanan sang istri membuatnya tersadar untuk bekerja lebih keras lagi. Ia merasa jadi lebih bersemangat setelah melihat wajah polos anak-anaknya.

"Aku berasa jadi lebih semangat kerja lagi karena melihat perjuangan seorang ibu melahirkan. Aduh kasihan banget makanya yang pasti ini jadi tambah sayang ya. Tambah cinta juga sama istri," pungkasnya.

Penulis: Tyssa Madelina

Sumber: Kapanlagi.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Demokrat: Deddy Mizwar dan Lukas Enembe Terancam Sanksi Berat

Posted: 03 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, Gubernur Papua Lukas Enembe dan mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar terancam sanksi berat. Mereka dianggap tak patuh pada keputusan partai untuk mendukung pasangan bakal capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Ya tentunya kan ada aturan yang baku di partai. Tergantung dari pada bobot kesalahannya kalau dianggap salah," kata Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Lukas Enembe dan Deddy Mizwar terang-terangan mendukung Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin. Deddy bahkan ditunjuk menjadi juru bicara pasangan itu.

Syarief menjelaskan, ada beragam jenis sanksi yang bisa diberikan kepada kader yang melanggar garis partai. Semua, kata dia, tergantung tingkat kesalahan kader tersebut.

"Kalau terlalu berat ya konsekuensinya berat. (Mendukung pihak lawan) kalau menurut saya berat," ungkapnya.

Dewan Kehormatan (Wanhor) Partai Demokrat juga dikabarkan akan memanggil para kader yang tak menjalani keputusan partai. Menurut anggota Komisi I DPR ini, setiap kader partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) harus loyal pada setiap keputusan partai.

Demokrat Solid

Meski ada kader yang membelot, dia menegaskan internal Demokrat solid mendukung Prabowo-Sandiaga.

"Saat ini kami pastikan itu akan solid karena kita kan memberikan alasan yang cukup rasional mengapa memilih Prabowo," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Drama 2 Jam Pencarian Paspor Haji Sudarsono di Bandara Jeddah

Posted: 03 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Seorang haji asal embarkasi Solo kloter 15 kehilangan paspor saat berada di plaza D Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah. Pria tersebut bernama Sudarsono dari Kebumen, Jawa Tengah.

Sejak paspornya dinyatakan hilang, Sudarsono dibawa ke dalam ruang Daker Airport untuk ditenangkan.

Ketua Sektor I Misroni mengatakan, dirinya dan petugas lainnya selalu meminta jemaah haji untuk selalu memeriksa dan menjaga barang berharga, termasuk paspor saat tiba di Bandara KAA Jeddah.

"Informasi agar jemaah berhati-hati membawa paspor sudah selalu disampaikan sejak jemaah menerima paspor dari wukala setiba di bandara," ujar Misroni, seperti dikutip dari laman www.haji.kemenag.go.id, Selasa (4/9/2018).

Saat diketahui ada paspor jemaah hilang, seluruh petugas haji diperintahkan menyisir setiap tempat di bandara yang dilalui oleh jemaah tersebut.

Bukan hanya petugas haji yang mencari, para petugas dari Garuda Indonesia juga terlibat dalam pencarian paspor Sudarsono.

Pencarian selama sekitar 2 jam akhirnya membuahkan hasil. Dilaporkan salah satu petugas bahwa paspor Sudarsono ditemukan di pemeriksaan imigrasi terbawa oleh jemaah haji lain.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

Akhirnya Paspor Ditemukan

Jemaah haji Indonesia sempat tertahan saat hendak masuk hotel di Madinah. (Dream)

Setelah dikabarkan paspor ditemukan, Sudarsono tidak bisa kuat membendung air matanya. Dia terisak sambil menyalami satu persatu petugas di ruang Daker Airport. Kegembiraan juga turut dirasakan seluruh petugas yang berada di Daker Airport saat itu.

"Matur nuwun sanget, Pak, bantuanipun (terima kasih sekali atas bantuan Bapak-bapak)," ucap saat Darsono sambil berpamitan dengan petugas Daker Airport.

"Alhamdulillah bisa pulang sekarang, Mbah," sahut salah satu petugas sambil riuh memberikan salam kepada Sudarsono.

Sudarsono dan 360 jemaah haji SOC-15 lainnya dijadwalkan terbang dari Jeddah pada Jumat, 31 Agustus 2018 pukul 18.20 waktu Arab Saudi (WAS). Mereka menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA-6504.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Skenario Mendagri agar Pemerintahan Kota Malang Tetap Berjalan

Posted: 03 Sep 2018 09:18 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mempersiapkan tiga skenario untuk menjamin roda pemerintahan di Kota Malang tetap berjalan. Langkah ini diperlukan menyusul DPRD Malang yang tinggal beranggotakan empat orang.

"Karena yang namanya Pemda adalah seorang gubernur, bupati, walikota, termasuk DPRD. Kasus Malang kan kasus yang unik, tinggal empat orang sementara," kata Tjahjo di Gedung KPK, Selasa (4/9/2018).

41 anggota DPRD Kota Malang ditahan KPK. Mereka menjadi tersangka penerima suap.

Padahal, DPRD Malang totalnya hanya berjumlah 45 orang. Alhasil, tinggal tersisa empat orang duduk di legislatif. Tjahjo menilai kasus yang meninmpa anggota DPRD Kota Malang sangat memprihatinkan.

Kemendagri akan mengeluarkan diskresi dalam kasus DPRD Malang. Sebab, proses Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap anggota dewan yang ditahan KPK belum berjalan.

Opsi pertama yang akan diambil adalah dengan melibatkan gubernur Jawa Timur untuk pengambilan keputusan.

"Yang kedua izin Kemendagri, ketiga bisa dilakukan aturan wali kota atau gubernur atau peraturan bupati setelah ada persetujuan daripada Kemendagri," Tjahjo menandaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Rikako Ikee, Si Cantik Peraih Enam Emas Asian Games 2018

Posted: 03 Sep 2018 09:15 PM PDT

Perenang Jepang Rikako Ikee (dua kanan) didampingi Ketua Inasgoc Erick Thohir (kanan) saat penyerahan hadiah 50.000 USD sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). (Arief Bagus/AFP)

Perenang Jepang Rikako Ikee (dua kanan) didampingi Ketua Inasgoc Erick Thohir (kanan) saat penyerahan hadiah 50.000 USD sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). (Arief Bagus/AFP)

Perenang Jepang, Rikako Ikee berpose dengan Ketua Inasgoc Erick Thohir saat dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Rikako meraih enam medali emas dan dua perak di Asian Games 2018. (Juni Kriswanto/AFP)

Perenang Jepang, Rikako Ikee berpose dengan Ketua Inasgoc Erick Thohir saat dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Rikako meraih enam medali emas dan dua perak di Asian Games 2018. (Juni Kriswanto/AFP)

Perenang Jepang, Ikee Rikako berpose usai dinobatkan sebagai MVP Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Rikako meraih emas 50m dan 100m gaya bebas, 50m dan 100m gaya kupu-kupu, 4x100m gaya bebas dan 4x100m gaya campuran estafet. (Juni Kriswanto/AFP)

Perenang Jepang, Ikee Rikako berpose usai dinobatkan sebagai MVP Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Rikako meraih emas 50m dan 100m gaya bebas, 50m dan 100m gaya kupu-kupu, 4x100m gaya bebas dan 4x100m gaya campuran estafet. (Juni Kriswanto/AFP)

Perenang Jepang, Ikee Rikako (tengah) berpose dengan tokoh media sosial usai dinobatkan sebagai MVP Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Rikako meraih medali perak dari nomor 4x100m estafet dan 4x200m gaya bebas. (Arief Bagus/AFP)

Perenang Jepang, Ikee Rikako (tengah) berpose dengan tokoh media sosial usai dinobatkan sebagai MVP Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Rikako meraih medali perak dari nomor 4x100m estafet dan 4x200m gaya bebas. (Arief Bagus/AFP)

Perenang Jepang, Ikee Rikako berpose usai dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Tak hanya meraih medali, Rikako juga tercatat sukses memecahkan enam rekor pada Asian Games 2018. (Juni Kriswanto/AFP)

Perenang Jepang, Ikee Rikako berpose usai dinobatkan sebagai Most Valuable Player (MVP) Asian Games 2018 di Jakarta, Minggu (2/9). Tak hanya meraih medali, Rikako juga tercatat sukses memecahkan enam rekor pada Asian Games 2018. (Juni Kriswanto/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP San Marino 2018, Balapan Akhir Pekan Ini

Posted: 03 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Balapan seri MotoGP akhir pekan ini akan tiba di San Marino, Sirkuit Misano. MotoGP San Marino diprediksi bakal berlangsung panas.

Pada MotoGP seri sebelumnya di Inggris, balapan harus batal digelar. Hal itu lantaran karena cuaca yang tidak bersahabat di Sirkuit Silverstone sehingga dianggap bisa membahayakan para rider.

Persaingan di barisan depan tetap sengit, kendati Marc Marquez masih memimpin. Marquez memuncaki klasemen sementara MotoGP 2018 dengan meraup 201 poin.

Valentino Rossi sendiri menempati posisi kedua dengan koleksi 142 poin. Jorge Lorenzo, yang menunggangi motor Ducati Corse berada di urutan ketiga klasemen, tertinggal 71 poin dari Marquez.

Pada MotoGP San Marino musim lalu, Marquez finis terdepan. Musim ini, pembalap Repsol Honda berjulukan The Baby Alien itu tentu ingin mengulangi prestasinya. Berikut jadwal MotoGP San Marino akhir pekan ini.

 

Jadwal MotoGP San Marino

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez berpose dengan pembalap tim Octo Pramac Racing, Danilo Petrucci dan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso di atas podium MotoGP San Marino 2017. (AP Photo/Antonio Calanni)

Jumat, 07 September 2018

FP1 Moto3 (14:00 WIB)

FP1 MotoGP (14:55 WIB)

FP1 Moto2 (15:55 WIB)

FP2 Moto3 (18:10 WIB)

FP2 MotoGP (19:05 WIB)

FP2 Moto2 (20:05 WIB)

Sabtu, 08 September 2018

FP3 Moto3 (14:00 WIB)

FP3 MotoGP (14:55 WIB)

FP3 Moto2 (15:55 WIB)

QP Moto3 (17:35 WIB)

FP4 MotoGP (18:30 WIB)

Q1 MotoGP (19:10 WIB)

Q2 MotoGP (19:35 WIB)

QP Moto2 (20:05 WIB)

Pressconf MotoGP (22:00 WIB)

Minggu, 09 September 2018

WUP Moto3 (13:40 WIB)

WUP Moto2 (14:10 WIB)

WUP MotoGP (14:40 WIB)

RACE Moto3 (16:00 WIB)

RACE Moto2 (17:20 WIB)

RACE MotoGP (19:00 WIB)

Klasemen MotoGP 2018

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 201 poin

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 142 poin

3. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 129 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 113 poin

6. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 105 poin

7. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 104 poin

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 103 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 84 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 66 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 66 poin

12. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 57 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

17. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 22 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 17 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 11 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jadi PNS, Atlet Ucapkan Terima Kasih kepada Jokowi

Posted: 03 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ungkapan kegembiraan dan ucapan terima kasih para atlet pada presiden Joko Widodo karena diangkat menjadi PNS. 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menyusuri Vietnam, Temukan Kafe Apartemen yang Unik

Posted: 03 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Vietnam ada dalam daftar destinasi wisata luar negeri Anda selanjutnya, jangan lupa untuk merencanakan wisata malam di Nguyen Hue Street di Ho Chi Minh City. Pasalnya kawasan ini terdapat sebuah apartemen yang kini menjadi tempat kongkow asik dengan beragam pilihan jajanan dan kuliner.

Seperti yang dikutip dari laman TheCultureTrip, Selasa (4/9/2018), menurut sejarahnya apartemen ini dibangun pada 1960-an yang diperuntukan bagi perwira militer Amerika dan pejabat tinggi yang bekerja untuk pemerintahan Vietnam Selatan. Setelah kejatuhan Saigon, beberapa apartemen diberikan kepada pekerja galangan kapal.

Seiring berjalannya waktu, kawasan Nguyen Hue, Vietnam berkembang menjadi salah satu destinasi wisata, dan para pemilik apartemen mulai menyewakan tempat mereka, inilah yang kemudian menyebabkan sebuah apartemen di Nguyen Hue Street berubah wajah menjadi tempat kongkow dengan pilihan kafe yang banyak.

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

Nguyen Hue Street

Yang menarik, karena bentuknya berupa apartemen, dari kejauhan kubik-kubik kedai ini tampak mencolok karena sorot lampu dan pemandangan muda-mudi yang sedang bercengkerama. Ada tangga yang menghubungkan tiap lantai. Namun bagi Anda yang baru pertama kali mampir ke tempat ini, Anda harus siap untuk tersesat sebelum akhirnya menemukan tempat yang sesuai dengan keinginan.

 

Ada 30 Kedai

Ada sekitar 30 kedai yang di apartemen ini, kedai-kedai ini menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menyaksikan pemandangan Nguyen Hue Street yang syahdu di malam hari. Partea menjadi salah satu tempat menghirup teh yang asyik. Kedai teh bergaya Inggris ini sangat populer di kalangan anak muda Vietnam, dan kerap menjado tempat kongkow di akhir pekan.  

Jika Anda tidak terlalu suka the, ada pilihan kedai lain dengan beragam sajian dan atraksi wisata yang menghibur. Bagaimana, menarik bukan, ayo rencanakan liburan ke Vietnam.

Simak juga video menarik berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Rekor Ini Sukses Dicetak Kontingen Indonesia di Asian Games 2018

Posted: 03 Sep 2018 09:13 PM PDT

Jakarta - Asian Games 2018 telah selesai digelar di Jakarta dan Palembang. Indonesia disebut-sebut sukses dalam penyelenggaraan dan prestasi.

Dari sisi penyelenggaraan, tercipta antusiasme luar biasa selama Asian Games 2018 berlangsung. Dari sisi prestasi, Indonesia juga berhasil melewati target yang ditetapkan pemerintah.

Satu di antara tanda keberhasilan tersebut adalah terciptanya banyak rekor statistik yang dipersembahkan kontingen Indonesia. Pada dua minggu penyelenggaraan Asian Games 2018, setidaknya rombongan atlet tuan rumah memecahkan delapan rekor.

Berikut ini delapan catatan bersejarah yang berhasil ditorehkan kontingen Indonesia di pentas Asian Games 2018.

1. Perolehan medali terbanyak sepanjang sejarah

Kali pertama Indonesia berpartisipasi dalam Asian Games pada 1951 yang digelar di New Delhi, India. Sejak saat itu, kontingen Indonesia tak pernah absen mengirim wakilnya untuk mengikuti pesta olahraga terbesar se-Asia ini.

Total 18 kali berpartisipasi di Asian Games, Asian Games ke-18 ini menjadi pencapaian terbaik Merah Putih sepanjang sejarah dengan perolehan medali terbanyak, yakni total 98 medali, yang berasal dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Sebelumnya, pencapaian terbaik Indonesia saat Asian Games 1962 yang digelar di Jakarta.

2. Jonatan Christie menyudahi puasa gelar tunggal putra

Meskipun tidak diunggulkan dalam perolehan medali emas di cabang olahraga bulu tangkis, penampilan gemilang Jonatan Christie berhasil menorehkan sejarah baru bagi Indonesia. Jojo--begitu dia disapa--berhasil menundukkan wakil Chinese Taipei, Chou Tien Chen, pada partai final nomor perorangan tunggal putra.

Keberhasilan Jojo menyudahi puasa gelar di sektor tunggal putra Indonesia sejak Asian Games 2006. Selain itu, Jojo juga mencatat namanya sebagai peraih medali emas tunggal muda termuda sepanjang sejarah.

3. Pengulangan all Indonesian final ganda putra bulu tangkis

Pada partai final nomor perorangan ganda putra, Indonesia berhasil menyajikan all Indonesian final dengan mempertemukan pasangan Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dan Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Hal serupa juga pernah terjadi pada Asian Games 1974 di Teheran, Iran. Kala itu, dua ganda putra terbaik Indonesia bertemu di partai puncak.

4. Gelar juara ganda putra tiga kali berturut-turut

Keberhasilan pasangan ganda terbaik dunia, Marcus Gideon/Kevin Sanjaya dalam meraih medali emas sekaligus mempertahankan gelar juara ganda putra sejak Asian Games 2010.

 

5. Akhiri puasa gelar selama 52 tahun di nomor estafet

Perjuangan luar biasa tim Indonesia di cabang atletik nomor lari estafet 4x100 meter berhasil membuat tim yang beranggotakan Lalu Muhammad Zohri, Eko Rimbawan, Fadlin, dan Bayu Kertanegara mempersembahkan medali perak. Medali bagi Merah-Putih ini didapat usai menunggu selama 52 tahun lamanya.

 

6. Tinju Putri Indonesia cetak rekor

Menghadapi wakil Thailand dalam perebutan medali perunggu, petinju putri Indonesia, Huswatun Hasanah berhasil memenangi pertandingan dan berhak atas medali perunggu. Pencapaian tersebut membuat nama Huswatun tercatat sebagai petinju putri Indonesia pertama yang meraih medali di ajang Asian Games.

7. Tim bulu tangkis putra ke final setelah 16 tahun

Meskipun kalah dari China dengan skor 1-3 pada partai final cabor bulu tangkis nomor beregu putra, tapi penampilan mereka berhasil menyudahi penantian setelah 16 tahun lamanya.

Terakhir Indonesia mencicipi final beregu putra pada Asian Games 2002 di Busan, Korea Selatan, dan berhak atas medali perak. Mereka dikalahkan tuan rumah dengan skor 1-3

 

8. Medali emas sepak takraw pertama Indonesia sepanjang sejarah

Berhasil mengalahkan Jepang lewat tiga gim pada partai final sepak takraw putra di nomor kuadran, Saiful Rijal dkk berhasil mempersembahkan medali emas ke-31 bagi kontingen Merah Putih.

Kemenangan tim sepak takraw Indonesia tersebut menjadi yang pertama sejak pertama kali dipertandingan pada Asian Games 1990 di Beijing, Tiongkok. Sebelumnya, capaian terbaik tim sepak takraw Indonesia hanyalah medali perunggu.

Adapun di Asian Games 2018, tim Indonesia berhasil mempersembahkan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu di sepak takraw. (Nisa Akmala)

 

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Fakta Miris di Balik Tewasnya Polisi Muda di Tangan Seniornya

Posted: 03 Sep 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bripda Faturrahman Ismail, seorang bintara yang bertugas di Sabhara, Polda Sulawesi Tenggara, tewas setelah diduga dianiaya dua seniornya pada Senin dini hari, 3 September 2018.

Kedua orangtua Faturrahman tidak sempat datang ke rumah sakit menjenguk korban. Keluarganya berdomisili di Kabupaten Kolaka Utara, berjarak sekitar 300 kilometer lebih dari TKP.

Selain itu, jalur menuju lokasi memiliki medan yang cukup sulit. Melewati sejumlah gunung, kedua orang tua harus menghabiskan waktu 7 jam untuk menuju rumah sakit.

"Korban langsung diantar ke Kolaka Utara, menuju rumah duka. Orangtua sudah menunggu di sana," ujar keluarga korban Yusran Makmur, kala ditemui di RS Bhayangkara.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara bersama sejumlah anggotanya turut mengantarkan langsung korban ke rumah duka. Sejumlah keluarga histeris saat masuk menyingkap kain pembungkus korban di kamar jenazah.

Saat ini, kedua pelaku telah ditangkap dan diamankan di Propam Polda Sultra. Keduanya pun telah menjalani rekonstruksi perkara.

Dari pemeriksaan pelaku, polisi mengungkapkan sejumlah fakta miris di balik tewasnya Faturrahman tersebut. Apa saja?

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

1. Motif Cemburu

Kecemburuan polisi di Polda Sultra pada juniornya berubah jadi dendam dan dilampiaskan dengan pemukulan pada tengah malam di hadapan 19 rekan polisi muda. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Kasus penganiayaan yang dialami Bripda Faturrahman Ismail (20) hingga tewas di Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) ternyata bermotif cemburu. Hal itu terungkap usai pemeriksaan selama 12 jam terhadap kedua anggota polisi penganiaya juniornya.

Identitas kedua polisi bermasalah itu adalah Bripda Sulfikar dan Bripda Fislan. Bripda Sulfikar lebih senior dua tahun dibanding pelaku, sedangkan Bripda Fislan senior setahun.

"Bripda Sulfikar menaruh cemburu kepada korban," ujar Kabid Humas Polda Sulawesi Tenggara, AKBP Harry Goldenhart.

Menurut Goldenhart, Sulfikar mengetahui polisi muda itu pernah mengajak makan istrinya di suatu tempat, tanpa menyebutkan waktu kejadian itu. "Saat itu, pelaku mengetahui tindakan korban dan menyimpan dendam," tuturnya.

Dendam yang disimpan diluapkan pada Minggu, 2 September 2018, sekitar pukul 23.30 Wita. Saat itu, Sulfikar dan korban serta bersama rekan-rekannya baru saja menggelar operasi cipta kondisi.

"Saya cemburu, soalnya istri saya pernah jalan sama dia," ujar Sulfikar di depan penyidik Propam dan Ditkrimum Polda Sultra.

 

2. Luka di Jantung dan Perut

Bripda Faturrahman Ismail (20), anggota Sabhara Polda Sultra tewas dianiaya seniornya yang cemburu buta. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Usai menggelar operasi cipta kondisi, korban bersama 19 rekannya diperintah berbaris di depan barak. Saat berbaris, korban kemudian dipukuli bergantian kedua seniornya.

Aksi pemukulan itu tak berani dihentikan rekan-rekan polisi muda karena pemukulan dilakukan polisi senior di Satuan Sabhara Polda Sultra.

Pihak kepolisian daerah Sulawesi Tenggara langsung melakukan autopsi begitu korban dibawa ke RS Bhayangkara Kendari. Dari hasil autopsi, ternyata luka di jantung menjadi dugaan kuat korban mengalami sesak napas dan kejang-kejang.

"Korban mengalami luka memar pada dada sebelah kiri dan luka memar pada perut sebelah bawah," kata tim Dokter RS Bhayangkara Kendari, Kompol Mauluddin, Senin (3/9/2018)

Sementara dari visum dalam, korban mengalami luka memar pada jantung, retak pada tulang rusuk nomor 7 dan pada pembungkus jantung.

"Ada resapan darah pada otot perut, diduga karena benturan benda tumpul keras," ujarnya.

 

3. Sempat Pingsan

Polisi muda yang menjadi korban tewas akibat dianiaya seniornya di Polda Sultra dikenal sebagai pebasket yang pernah mewakili institusi. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Saat berbaris di depan barak, Bripda Faturrahman mengalami kekerasan dari kedua seniornya. Keduanya bergantian memukul dan menendang korban di bagian dada dan perut.

Saat dihujani pukulan itu, Faturrahman langsung sesak napas. Namun, saat sesak napas dikira hanya sakit biasa dan tak dipedulikan oleh kedua pelaku.

Korban sempat pingsan selama beberapa lama. Saat diperiksa oleh sejumlah rekannya, ternyata korban sudah tidak bernyawa.

"Kedua pelaku lebih senior 2 tahun, salah satu pelaku malah hanya berbeda satu tahun," ujar Goldenhart.

 

4. Pelaku Tak Langsung Dipecat

Kecemburuan polisi di Polda Sultra pada juniornya berubah jadi dendam dan dilampiaskan dengan pemukulan pada tengah malam di hadapan 19 rekan polisi muda. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Kedua polisi penganiaya juniornya kini ditahan di dalam sel Rutan Polda Sultra. Pihak Propam dan Direktorat Reserse Kriminal Umum sudah merekonstruksi kejadian penganiayaan.

"Ada beberapa adegan, sudah ditangani oleh Propam," kata Goldenhart.

Goldenhart mengatakan, kedua pelaku dikenai ancaman Pasal 351 subsider Pasal 354 KUHP terkait penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang.

"Terkait pemecatan atau sanksi berat lainnya, jelas mengikuti aturan. Tidak secepat itu," ujar Goldenhart saat ditanya soal ancaman sanksi pemecatan kedua pelaku.

 

5. Kerabat Bupati Kolaka

Polisi muda tewas setelah diduga dianiya oleh seniornya. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Polda Sultra dan Rumah Sakit Bhayangkara memulangkan jenazah polisi muda tersebut ke rumah duka. Sejumlah rekan korban ikut menyertai iring-iringan jenazah yang melalui rute sejauh 300 kilometer lebih.

Rumah korban diketahui berada di Desa Ponggiha, Jalan Poros Trans Sulawesi Sulawesi Tenggara-Sulawesi Selatan, Kabupaten Kolaka Utara. Kabupaten itu berada paling ujung Sulawesi Tenggara yang berbatasan dengan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Tiba di rumah duka sekitar pukul 17.00 Wita, jenazah korban disambut isak tangis keluarga. Korban ternyata merupakan kerabat dari Bupati Kolaka Utara, H Nurahman Umar. Saat sebelum pemakaman, Bupati ikut hadir di rumah duka dan tempat pemakaman umum.

 

6. Baru Terima Gaji 6 Bulan

Polisi muda tewas setelah diduga dianiya oleh seniornya. (Liputan6.com/Ahmad Akbar Fua)

Faturrahman Ismail (20) polisi yang tewas usai dianiaya kedua rekannya di Polda Sulawesi Tenggara, ternyata baru 6 bulan menikmati masa-masa tugasnya sebagai polisi muda. Selama itu pula, Faturrahman yang sempat menjalani kuliah di Universitas Hasanuddin Makassar itu, baru merasakan gaji sebagai polisi.

Gajinya di Polda Sultra, sering dikirimkan kepada orang tuanya di Kabupaten Kolaka Utara. Meskipun sedikit, Faturrahman rutin mengirimkan setiap bulan gajinya pada orang tua yang tinggal di kampung.

Dari keterangan keluarga, Faturrahman merupakan lulusan SMA tahun 2015 di Kabupaten Kolaka Utara. Usai menganggur selama setahun, Faturrahman sempat memutuskan kuliah mengambil jurusan teknik arsitektur.

"Saat kuliah 2016, dia lalu memutuskan mendaftar polisi dan akhirnya lulus," ujar Haidir, salah seorang sepupu korban.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Banyak Keluhan, KAI Bakal Relokasi Masjid di Stasiun Gambir

Posted: 03 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta akan meningkatkan fasilitas pelayanan di Stasiun Gambir. Salah satunya dengan memperbaiki fasilitas masjid.

Belakangan, banyak pengguna kereta api yang mengeluhkan terbatasnya kapasitas masjid di Stasiun Gambir, yang notabene berstatus stasiun besar. Alhasil pada saat salat Jumat, para jemaah tak tertampung.

Senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Edy Kuswoyo mengatakan, sebenarnya KAI sudah menambah kapasitas masjid yang saat ini tersedia, seperti membangun atap kanopi.

Namun, usaha memberi kenyamanan bagi para jemaah yang salat di masjid yang bernama At-Tanwir itu masih dirasa kurang, terutama pada saat ibadah salat Jumat.

Untuk itu, PT KAI Daop 1 Jakarta pun telah merencanakan relokasi Masjid At-Tanwir dari area parkir selatan ke area utara.

"Relokasi dan pembangunan masjid di Stasiun Gambir saat ini dalam tahap desain dalam waktu dekat segera terlaksana pekerjaan fisik masjid tersebut. Diharapkan dapat memberi kenyamanan bagi penumpang KA atau pengunjung Stasiun Gambir yang ingin beribadah," ungkap Edy di Stasiun Gambir, Selasa (4/9/2018).

Seperti diketahui, Stasiun Gambir sendiri saat ini memiliki dua musala, khusus penumpang KA yang terletak di pintu masuk sebelah utara dan hall lantai 1. Selain itu, juga ada masjid di dekat area parkir selatan.

Kedua musala tersebut total dapat menampung 96 orang. Musala di sebelah utara dapat menampung 11 orang, sedangkan musala yang berada di lantai 1 dapat menampung 65 orang, dengan tambahan 20 orang di lorong, sehingga total 85 orang. Sementara untuk masjid sendiri berkapasitas 235 orang.

 

Aturan Fasilitas Umum

Pemudik di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Fasilitas tempat ibadah di area stasiun sendiri diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api, dengan standar kebutuhan tolak ukur Stasiun Besar, pria (11 normal, 2 difabel), wanita (9 normal, 2 difabel); Stasiun Sedang; pria (7 orang), wanita (5 orang); dan Stasiun Kecil, 3 orang pria/wanita.

Merujuk pada PM Perhubungan tersebut, keberadaan musala di Stasiun Gambir pun telah dibangun dengan memenuhi standar yang juga tertuang dalam Surat Keputusan Direksi PT Kereta Api Indonesia (Persero) No.: PER.U/KB.101/VI/12/KA-2017 tentang Pedoman Standardisasi Fasilitas Musala di lingkungan Stasiun Kereta Api.

Seiring berjalannya waktu dan guna terus memenuhi kebutuhan ibadah calon penumpang KA dan pengunjung Stasiun Gambir, maka diselenggarakan pembangunan Masjid At-Tanwir yang berdiri sampai saat ini di area parkir Selatan. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Bukti Indonesia Sukses Sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018

Posted: 03 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia terus menuai pujian setelah menggelar Asian Games 2018. Bahkan, penyelenggaraan pesta olahraga Asia edisi ke-18 itu dianggap sebagai yang terbaik dari sebelumnya.

Asian Games 2018 resmi ditutup pada Minggu (2/9/2018) malam WIB. Upacara penutupan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (2/9/2018) itu menandai berakhirnya pesta olahraga antarnegara Asia tersebut.

China keluar sebagai juara umum dengan koleksi 289 medali dengan rincian 132 emas, 92 perak, dan 65 perunggu. Adapun Indonesia berada di peringkat keempat dengan raihan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Sepanjang penyelenggaraan Asian Games 2018 sejak dibuka pada 18 Agustus sampai 2 September, hampir tak ada kritikan terhadap Indonesia. Mulai dari pertandingan, wisma atlet, transportasi, dan lainnya mendapatkan pujian.

Seluruh kontingen negara-negara yang menjadi peserta melayangkan pujian terhadap Indonesia.

Hal ini menjadi bukti kalau Indonesia sudah siap untuk menggelar event olahraga yang lebih besar.

Berikut ini tiga bukti Indonesia telah sukses menjadi penyelenggara Asian Games 2018:

1. Pengakuan OCA

Pengakuan internasional terhadap Indonesia akan Asian Games 2018 sudah terjadi sejak upacara pembukaan. Sejumlah media internasional menyoroti megahnya upacara pembukaan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Tak hanya upacara pembukaan, upacara penutupan Asian Games 2018 juga memicu decak kagum. Presiden Olympic Council of Asia (OCA), Sheikh Ahmed Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah, cukup puas dengan kinerja Indonesia menjadi tuan rumah yang baik.

"Indonesia, terima kasih banyak. Kami cinta kalian. Terima kasih Jakarta, terima Kasih Palembang. Kalian melaksanakan tugas dengan baik. Kalian berhasil mewujudkan mimpi Energy of Asia hadir di sini," kata Sheikh Ahmed Al-Fahad Al-Ahmed Al-Sabah.

2. Sukses Prestasi

Tak hanya kesuksesan penyelenggaraan, kontingen Indonesia juga mampu meraih kesuksesan dalam bidang prestasi. Kontingen Indonesia berhasil melewati target yang ditetapkan pemerintah, yakni posisi 10 besar Asian Games 2018.

Pada klasemen akhir Asian Games, Indonesia menempati peringkat keempat dengan koleksi 98 medali. Jumlah tersebut dirinci menjadi 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu.

Pencapaian tersebut mencetak sejarah tersendiri dalam keikutsertaan Asian Games. Koleksi 31 medali emas menjadi yang tertinggi pernah diraih Indonesia di pentas Asian Games.

Bidik Olimpiade 2032

Keberhasilan Indonesia menggelar Asian Games 2018 membuat Presiden Joko Widodo puas. Bahkan, Jokowi, sapaan akrab Presiden Joko Widodo, menilai Indonesia sudah siap untuk menggelar event olahraga yang lebih besar lagi.

Rencana tersebut bahkan sudah disampaikan langsung oleh Jokowi kepada Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC), Thomas Bac. Jokowi mengaku rencana Indonesia tersebut pun mendapatkan respons positif dari IOC.

"Saya katakan kepada beliau bahwa Indonesia siap untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Minggu (2/9/2018).

Upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 tidaklah mudah. Indonesia nantinya diprediksi akan bersaing dengan India, China, dan Australia yang juga siap mengajukan diri sebagai tuan rumah.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Closing Ceremony Asian Games 2018 Disorot Warga Dunia

Posted: 03 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dua pekan lebih sudah Asian Games 2018 sukses diselenggarakan. Sebagai tuan rumah, tentu perhelatan empat tahunan itu disambut secara antusias oleh masyarakat.

Selain pembukaanya, penutupan Asian Games 2018 juga meninggalkan kesan yang mendalam. Sampai-sampai penutupan Asian Games 2018 menjadi sorotan masyarakat dunia. Terbukti, dari hastag penutupan Asian Games sempat menjadi trending topic worldwide di Twitter pada Minggu (2/9/2018).

Artikel tentang trending topic Asian Games 2018, menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni deretan atlet yang mendapat bonus terbesar. Sedangkan artikel deretan negara yang belum berhasil bawa pulang medali emas di Asian Games, menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Penutupan Asian Games Jadi Trending Topic Dunia, Warganet Ucapkan Terima Kasih

Seluruh kontingen Asian Games 2018 kembali menjalani defile pada closing ceremony di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam WIB. (Bola.com/Wiwig Prayugi)

Tentu dengan berakhirnya Asian Games membuat banyak orang bersedih dan mengungkapkan perasaan mereka di jejaring sosial. Meski begitu, penutupan cermony Asian Games 2018 dimeriahkan dengan dua penampilan artis asal Korea Selatan.

Warganet Twitter tentu dong tidak melewatkan momen tersebut sambil menyaksikan idola mereka tampil di panggung. Hastag #ClosingCeremonyAsianGames2018 sampai menjadi trending topic worldwide akibat antusias warganet.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Ini Atlet yang Mendapatkan Bonus Terbesar di Asian Games 2018

Jafro Megawanto (Foto: Instagram.com/jafromegawanto)

Keceriaan wajah para atlet terlihat tepat sebelum acara penutupan berlangsung. Hal ini lantaran sesuai dengan janji Presiden Jokowi, atlet yang mampu meraih medali pada gelaran Asian Games 2018 akan mendapatkan bonus.

Salah satu atlet yang cukup menarik perhatian ialah Jafro Megawanto karena menjadi yang menerima bonus paling besar di ajang tersebut. Jafro berhasil mengantongi bonus senilai Rp 2,4 miliar.

Selengkapnya..

3. Asian Games Berakhir, Deretan Negara Ini Belum Berhasil Bawa Pulang Medali Emas

Atlet wushu Indonesia, Lindswell Lindswell menggigit medali emas usai memenangkan kategori wushu taijijian putri Asian Games 2018 di Jakarta, Senin (20/8). (AP Photo/Aaron Favila)

Meski berjalan tak terasa, kini Asian Games 2018sudah dipenghujung acara. Dimulai sejak 18 Agustus 2018, Asian Games ke-18 ditutup pada Minggu, 2 September 2018.

China dianggap menjadi negara yang paling unggul dengan 289 medali, disusul dengan Jepang, Korea selatan dan Indonesia. Memang bisa dibilang China berhasil memboyong medali terbanyak, tapi ada juga beberapa negara yang tidak berhasil membawa pulang medali emas sampai satu medali sekalipun di Asian Games 2018.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Momen dan Kejutan di Penutupan Asian Games 2018

Posted: 03 Sep 2018 09:04 PM PDT

Jakarta - Closing ceremony Asian Games 2018 menandai berakhir ajang empat tahunan di Indonesia itu. Digelar di Gelora Bung Karno (GBK), pesta ini berlangsung meriah.

Pada seremoni penutupan, beragam hal terjadi, terutama yang menarik dan tak terduga. Sempat khawatir molor karena hujan, nyatanya pesta akhir di SUGBK, Minggu (2/9/2018) berlangsung meriah.

Ragam hiburan, mulai dari tari sampai deretan artis papan atas Asia, menjadi pewarna. Musisi lokal Indonesia terdiri atas Isyana Sarasvati hingga Bunga Citra Lestari di acara penutupan Asian Games 2018.

Ada juga boyband Korea Selatan, Super Junior dan iKON, yang membuat antusiasme penonton semakin tinggi. Hal ini terbukti dari penonton yang tetap bersemangat mesti diguyur hujan deras sejak sore berada di lokasi.

Ajang olahraga empat tahunan se-Asia ini sendiri menjadi saksi bisu perjuangan para atlet demi membanggakan negara mereka masing-masing. Banyak momen unik di upacara penutupan Asian Games 2018. Tak hanya penonton di stadion, warganet juga banyak yang membicarakannya.

Momen seperti saat Jusuf Kalla batuk, Jokowi nobar bareng warga Lombok, hingga penampilan boyband Korea iKON dan Super Junior jadi perbincangan. Berikut ini beberapa peristiwa di penutupan Asian Games 2018:

 

1. Jusuf Kalla Batuk

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberi sambutan dalam penutupan Asian Games 2018 di GBK, Jakarta, Minggu (2/9). (Vidio.com)

Saat memberikan sambutannya, wakil presiden Indonesia Jusuf Kalla sempat batuk. Sontak aksinya ini mendapat tepuk tangan oleh penonton yang ada di stadion Gelora Bung Karno.

Warganet juga banyak yang mendoakan agar Jusuf Kalla tetap diberi kesehatan. Menariknya, berbagai komentar lucu juga bermunculan di Twitter. "Terdengar sayup sayup orang teriak pas pak JK batuk, Cikii terusss," komentar akun Twitter @gilangwidiii.

 

2. Gestur 'Love' ala Presiden OCA

Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah memberi sambutan dalam Upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama GBK, Jakarta, Minggu (2/9). Presiden OCA membuat lambang ungkapan rasa cinta ala Korea. (ADEK BERRY/AFP)

Setelah sambutan Jusuf Kalla, Syeikh Ahmad Al Fahad Al Sabah juga memberikan pidatonya. Presiden Dewan Olimpiade Asia tersebut berterimakasih terhadap Indonesia karena sudah sukses menyelenggarakan Asian Games 2018.

Uniknya, Syeikh Ahmad tersebut melakukan gestur hati sambil mengatakan "Indonesia, kami cinta kalian". Sontak, aksinya ini diikuti oleh tepuk tangan meriah dari para penonton.

 

3. Jokowi Nobar di Lombok

Presiden Jokowi menyampaikan sambutan penutupan Asian Games di tengah pengungsi gempa Lombok, NTB

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) tak hadir di SUGBK. Ia berada di Lombok bersama korban gempa.

Pada sambutannya, Jokowi mengaku sangat bangga dengan prestasi atlet Indonesia yang berhasil melampaui target medali emas. Dirinya juga mengatakan bahwa Indonesia telah berhasil menjadi tuan rumah gelaran Asian Games 2018.

"Ini adalah raihan tertinggi di Indonesia selama Asian Games. Kita telah sukses jadi tuan rumah yang ramah," ujarnya.

 

4. Kehadiran Suju dan iKON

super junior

Kehadiran dua boyband asal Korea Selatan, Super Junior dan iKON semakin memeriahkan upacara penutupan Asian Games 2018. Lagu-lagu hits mereka seperti "Love Scenario","Sorry Sorry," dan "Rhythm Ta" membuat para fans bergemuruh. Fans masing-masing boyband seperti ELF dan iKONICS dengan bersemangat mendukung boyband idola mereka tampil.

 

5. Jas Hujan

Parade sukarelawan saat upacara Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (2/9). Mereka mengenakan jas hujan yang mengguyur Jakarta. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Perhelatan upacara penutupan Asian Games 2018 tetap dilaksanakan walau sedang hujan deras. Hal ini tak menyurutkan semangat atlet untuk melakukan defile di tengah-tengah panggung.

Terlihat mereka membaur dengan sesama di panggung menggunakan jas hujan transparan. Momen unik ini tentu jadi bukti semangat atlet Asian Games 2018 yang tak pernah padam apa pun kondisinya. (Laksa Mahardikengrat)

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengintip Mobil Listrik Pilihan Pangeran Charles, Seperti Apa?

Posted: 03 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, London- Sudah menjadi rahasia umum jika keluarga kerajaan Inggris memiliki selera otomotif yang tinggi. Di era mobil listrik pun Pangeran Charles tak mau ketinggalan. Jaguar I-Pace pun kini masuk dalam daftar mobil Pangeran Charles.

Melansir Autoevolution, pekan ini kunci mobil Jaguar I-pace itu akan berpindah ke tangan Charles. The Times melaporkan, bahwa Pangeran Charles akan membayarkan kendaraan ini menggunakan uang pribadinya, alih-alih menggunakan pajak.

Pangeran Charles sendiri dikenal dengan kepeduliannya tentang isu-isu lingkungan. Mobil vintage Aston Martin-nya diubah menggunakan bahan bakar bioetanol yang terbuat dari limbah anggur dan whey.

Sementara, untuk mobil listriknya yang pertama, Charles memilih warna yang menjadi warna favorit sepanjang masa, Biru Loire. Warna biru sebenarnya tak tersedia untuk Jaguar I-Pace listrik, jadi ada hal lain tentu yang harus dibayarkan.

Mobil listrik Jaguar I-Pace itu akan dikirimkan ke rumah Charles di Clarence House, London. Mobil itu akan segera bergabung dengan koleksi mengesankan lainnya, seperti Range Rover, Rolls-Royce, dan Bentley, yang semuanya menggunakan bensin dan solar. Clarence House telah dilengkapi dengan titik pengisian untuk Jaguar.

Sumber: Otosia.com

 

Lucunya Mobil Nirsopir Jaguar Land Rover, Bisa Main Mata

Jaguar Land Rover membuat mobil nirsopir unit yang dilengkap mata besar di depan. (Carscoops)

Mobil otonom atau nirsopir memang menjadi perbincangan hangat di era teknologi modern saat ini. Namun ada cara unik yang ditawarkan produsen otomotif Jaguar Land Rover.

Pabrikan asal Inggris baru-baru ini diketahui menghadirkan mobil nirsopir yang disebut Virtual Eye Pod. Demikian dilansir Carscoops, Kamis (30/8/2018).

 

 

 

Dilengkapi mata besar dan dapat melirik ke kanan dan kiri seperti halnya manusia, mobil ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pejalan kaki, sehingga membiarkan mereka mengetahui kapan waktu aman menyeberang atau tidak.

Hal ini juga diharapkan dapat menambah kepercayaan diri terhadap pejalan kaki saat menyebrang ketika mobil tanpa sopir berseliweran di jalan raya.

Untuk membuat proyek ini, Jaguar Land Rover melakukan penelitian dengan melibatkan psikologi kognitif. Hal ini ditempuh agar dapat menganalisis bagaimana seseorang bereaksi sebelum dan sesudah melakukan kontak mata dengan model mobil otonomnya.

"Second-nature—sifat alami (pejalan kaki) untuk melirik pengemudi kendaraan yang mendekat sebelum menyeberang jalan. Memahami bagaimana hal ini dapat diterjemahkan di dunia otomon nanti adalah sangat penting, " kata manajer riset mobilitas masa depan Jaguar Land Rover, Pete Bennett.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS: Mengancam Nyawa Ratusan Ribu Orang, Serangan ke Provinsi Idlib Kesalahan Besar

Posted: 03 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Damaskus - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan pemerintah Suriah dan dua sekutu utamanya, Rusia dan Iran, telah bertindak "sembrono" dalam menyerang Provinsi Idlib yang dikuasai pemberontak.

Dalam sebuah twit, Presiden Trump memperingatkan tentang "kesalahan kemanusiaan terbesar", di mana ratusan ribu orang bisa terbunuh dalam serangan terkait.

Dikutip dari BBC pada Selasa (4/9/2018), pasukan pemerintah Suriah dikatakan mempersiapkan serangan besar-besaran terhadap kubu pemberontak terakhir di negara itu.

PBB mengatakan kampanye semacam itu dapat menimbulkan konsekuensi buruk bagi ribuan warga sipil.

Kementerian Luar Negeri AS juga memperingatkan pada Senin 3 September, bahwa Washington akan menanggapi setiap serangan kimia oleh pemerintah Suriah atau sekutu-sekutunya.

Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley men-twit: "Semua mata (tertuju) pada tindakan Assad, Rusia, dan Iran di Idlib. #NoChemicalWeapons"

Dengan kondisi pemberontak kalah di sebagian besar Suriah, serangan di Provinsi Idlib diprediksi bisa menjadi pertempuran besar terakhir dari perang sipil di negara itu.

Menurut perkiraan PBB, ada sekitar 10.000 militan Al Nusra dan Al Qaeda yang masih bertahan di Idlib. Sumber yang dikutip oleh kantor berita Reuters mengatakan bahwa Presiden Bashar al-Assad sedang mempersiapkan serangan bertahap.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan "teroris" harus dihapus di Idlib, menuduh mereka menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia.

Baik dia dan mitranya dari Suriah, Walid Muallem, telah menuduh pemberontak mempersiapkan melakukan serangan kimia di Idlib. Guna menyalahkan pasukan pro-pemerintah dan memicu pembalasan militer AS yang baru.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa latihan angkatan laut Suriah baru-baru ini dibenarkan, menambahkan bahwa "sarang teroris" di Idlib harus diatasi.

 

Simak video pilihan berikut:

Kemungkinan 'Badai yang Mengerikan'

Relawan White Helmets membongkar reruntuhan bangunan mencari korban serangan militer di Provinsi Idlib, Suriah, Minggu, (7/1). Kelompok pemantau dan paramedis mengatakan jumlah korban tewas menjadi 25 orang. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Utusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura telah memperingatkan tentang "badai yang mengerikan" jika pemerintah melanjutkan serangannya yang mengancam di Idlib.

Dia menyerukan agar koridor kemanusiaan dibentuk agar memungkinkan warga sipil dievakuasi untuk sementara waktu.

Para militan harus dikalahkan, kata de Mistura, tetapi tidak mengorbankan ribuan jiwa sipil.

PBB disebut mulai kehabisan cara untuk menghindari kematian warga sipil yang terlihat baru-baru ini di bagian lain Suriah seperti Aleppo, Raqqa atau Ghouta Timur, dan para diplomatnya diminta menahan diri hingga ada kordinasi lanjutan.

Setelah hampir delapan tahun pertempuran, lebih dari 400.000 orang tewas atau hilang, dan lebih dari separuh penduduk telah terusir dari rumah mereka.

"Provinsi Idlib telah menjadi tempat berlindung bagi pemberontak, tetapi tidak ada tempat yang jelas bagi mereka untuk pindah ke dalam wilayah Suriah jika mereka meninggalkan provinsi itu sekarang," ujar de Mistura.

Ditambahkan olehnya, bahwa serangan apapun terhadap Idlib dapat meningkatkan ketegangan dengan Turki, yang mempertahankan pos pengamatan di sekitar wilayah pemberontak, sebagai bagian dari "kesepakatan de-eskalasi" dengan Rusia dan Iran.

Di lain pihak, Iran akan menjadi tuan rumah KTT pada Jumat di mana para pemimpin Iran, Rusia dan Turki akan membahas Idlib, kantor berita Fars melaporkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Panggil Dirut PT Samantaka Batunara Terkait Suap PLTU Riau-1

Posted: 03 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Direktur Utama PT Samantaka Batubara, Sujono Hadi Sudarno. Hal itu terkait adanya kesepakatan kontrak kerja sama perusahaan tersebut dalam proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Riau-1, yang kasusnya tengah disidik KPK.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyampaikan, Sujono akan dimintai keterangan sebagai saksi atas pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited, Johannes B Kotjo.

"Saksi Sujono Hadi Sudarno diperiksa untuk tersangka JBK," tutur Febri saat dikonfirmasi, Selasa (4/9/2018).

Penyidik KPK juga memanggil kerabat mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR, Eni Maulani Saragih, yakni Tahta Maharaya, serta Direktur Pengembangan dan Niaga PT Pembangkitan Jawa-Bali, Henky Heru Basudewo. Keduanya diperiksa sebagai saksi atas mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

KPK sendiri baru menetapkan Johannes B Kotjo, Eni Maulani Saragih, dan Idrus Marham sebagai tersangka dalam kasus tersebut.

Idrus Marham disebut berperan sebagai pihak yang membantu meloloskan Blackgold untuk menggarap proyek PLTU Riau-1. Mantan Sekjen Golkar itu dijanjikan uang US$ 1,5 juta oleh Johanes jika dia berhasil menggarap proyek senilai US$ 900 juta itu.

Eni sempat mengakui sebagian uang yang dirinya terima dari Kotjo digunakan untuk keperluan Munaslub Golkar. Selain itu, Eni juga mengaku diperintahkan Ketua Umum Partai Golkar itu untuk mengawal proyek pembangkit listrik milik PT PLN itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: