Jumat, 28 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Atlet Tertua di Indonesia Siap Berjuang di Asian Para Games

Posted: 28 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tinggal hitungan hari Asian Para Games 2018 bakal berlangsung di Jakarta. Para atlet Indonesia yang sudah melakukan persiapan sejak Januari 2018 sudah siap bertempur untuk event olahraga terbesar di Asia untuk penyandang disabilitas.

Jaya Kusuma, atlet boling paralimpik Indonesia siap habis-habisan di Asian Para Games 2018. Dia ingin membayar semua kebaikan pemerintah selama berjuang di Asian Games.

Pria berusia 62 tahun tersebut mengatakan, pemerintah sangat luar biasa memberikan fasilitas untuk atlet disabilitas. Dia tak pernah merasakan sebelumnya mendapat penginapan di Hotel Aston, salah satu penginapan mewah di Jakarta, selama menjadi atlet disabilitas.

"Kami ditempatkan di hotel berbintang. Sungguh saya tidak menduga dengan dukungan ini. Saya di boling menargetkan dua emas. Kami juga mohon dukungan masyarakat," katanya.

"Rasanya malu kalau tidak memberikan yang terbaik. Kami siap bertarung hingga berdarah-darah. Ini semua demi mengharumkan nama bangsa dan negara di Asian Para Games," ujar Jaya Kusuma melanjutkan.

 

 

Tertua

Dengan usia yang sudah 62 tahun, Jaya Kusuma menjadi salah satu atlet tertua dalam kontingen Indonesia di Asian Para Games 2018. Pria yang sudah mempunyai tujuh orang cucu itu tak akan menyerah dalam pertandingan.

"Kami dari tim boling sudah TC di Solo dari Januari sampai September. Kami sangat bangga dengan pemerintah yang telah begitu banyak mendukung kami termasuk pihak swasta yang mau membaur bersama kami," ujar Jaya Kusuma.

Nantinya, paralimpian Indonesia yang berhasil meraih medali emas pada Asian Para Games 2018 dijanjikan mendapat bonus sebesar Rp 1,5 miliar. Sedangkan peraih medali perak mendapat bonus sebesar Rp 500 juta dan peraih medali perunggu mendapat Rp 250 juta.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Gempa, Pertamina Pusatkan Penyaluran BBM pada SPBU yang Bisa Beroperasi

Posted: 28 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) memastikan kondisi stok Bahan Bakar Minyak (BBM) masih dalam kondisi aman. Saat ini sedang dilakukan pendataan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang masih bisa beroperasi pasca gempa bermagnitudo 7,4 di Donggala, Sulawesi Tengah.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M. Roby Hervindo‎ mengatakan, SPBU yang tidak mengalami kerusaan berat dan memungkinkan beroperasi, akan dijadikan pusat penyaluran BBM di wilayah Sulawesi Tengah pasca gempa.

"Untuk pelayanan masyarakat melalui SPBU saat ini masih didata berapa yang masih bisa beroperasi. Nantinya penyaluran akan dipusatkan di SPBU-SPBU tersebut," kata Roby, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Menurut Roby, saat ini kondosi stok BBM dan Liqufied Petroleum Gas (LPG) masih dalam kondisi aman ‎untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut.

"Secara umum stok BBM dan LPG masih dalam kondisi aman," ujar Roby.

‎‎Dia mengakui, gempa yang diikuti tsunami dan beberapa gempa susulan, turut berdampak pada operasi Pertamina MOR VII Sulawesi di wilayah Palu dan sekitarnya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun hingga saat ini, diketahui bahwa Terminal BBM Donggala mengalami kerusakan akibat gempa dan tsunami.

Pelabuhan di Kota Palu Rusak Parah Akibat Gempa

Orang-orang berjalan melewati mayat (penutup biru) setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Sejumlah fasilitas sarana dan prasana pelabuhan di wilayah Sulawesi Tengah mengalami kerusakan akibat gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang wilayah tersebut, pada Jumat (28/9/2019).‎

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H. Purnomo mengatakan, Pelabuhan Pantoloan yang berada di kota Palu mengalami kerusakan yang paling parah, dibandingkan pelabuhan lainnya yang ditandai dengan rubuhnya Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan.

"Laporan sementara, Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan rubuh dan dengan kondisi ini layanan kepelabuhanan dihentikan menunggu hasil pengecekan lebih lanjut di lapangan," kata Agus, di Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Sementara itu, laporan dari Pelabuhan Wani menyebutkan ada beberapa bangunan dan dermaga mengalami kerusakan. Sedangkan kapal KM Sabuk Nusantara 39 yang sedang bersandar di Pelabuhan Wani terlempar dan terbawa arus sejauh 70 meter dari dermaga, akibat gelombang tsunami yang menerjang wilayah tersebut kemarin.

Saat itu Kapal KM Sabuk Nusantara 39 dalam kondisi tidak ada penumpang. Total Anak Buah Kapal (ABK) ada 20 orang. Saat kejadian, ada 3 orang ABK yang sedang turun ke darat untuk bertemu keluarganya.

"Posisi kapal sendiri saat ini berada di sekitar 70 meter dari laut tepatnya di jalan menuju pelabuhan dan saat ini kapal menggunakan generator darurat untuk kelistrikannya," ujar Agus.

Kerusakan akibat gempa juga terjadi di Pelabuhan Ogoamas berupa adanya retak di Talaud dan terjadi pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3 cm.

Selanjutnya, laporan yang masuk dari Pelabuhan Ampana, Pelabuhan Luwuk, Pelabuhan Belang-Belang dan Pelabuhan Majene kondisinya baik dan tidak ada kerusakan akibat gempa.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PB IDI Kerahkan Tim Medis dari Darat, Laut, dan Udara untuk Penanganan Bencana Tsunami di Palu

Posted: 28 Sep 2018 09:32 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Tim Batalyon Kesehatan (yonkes) TNI bersama tim Aju (tim pendahuluan) dari Ikatan Dokter Indonesia cabang Makassar, Fakultas Kedokteran Universitas Hassanudin, dan tim Siaga Bencana Makassar melakukan Rapid Health Assesment (penilaian kesehatan cepat) agar dapat mendata kebutuan medis dan melakukan penanganan medis sesegera mungkin terhadap masyarakat Palu dan sekitarnya yang terdampak Tsunami pada Jumat, 28 September 2018.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com pada Sabtu, 29 September 2018, keberangkatan tim Aju yang dipimpin Prof Dr Idrus Patorosi SpOT dan Dr M Sakti SpOT, akan dilakukan melalui udara ke melalui Mamuju.

Setelah itu, akan melanjutkan perjalanan darat ke Palu dengan bantuan sarana transportasi dari TNI. Selain melalui udara, IDI juga telah menyiagakan tim dokter dari Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sulawesi Utara dan sekitar wilayah Sulawesi Tenggara jalur darat.

Sementara itu, RS Kapal Terapung Ksatria Airlangga yang dikomandani dr Agus Hariyanto SpB dan dr Christiyogo SpAn sedang menempuh jalur laut dari wilayah Banda Naira menuju Donggala.

RS Terapung Ksatria Airlangga juga menyiapkan fasilitas kamar operasi darurat serta membawa bantuan medis. Berdasarkan informasi melalui tim IDI dari Palu, tidak hanya jalur komunikasi dan listrik yang terputus, tapi rumah sakit di Palu lumpuh total sehingga mengakibatkan para dokter dan tenaga medis kesulitan melakukan penanganan medis segera.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jendy Panggabean Inspirasi Atlet Voli Duduk Indonesia di Asian Para Games

Posted: 28 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Atlet voli duduk putri Indonesia di ajang Asian Para Games 2018, Nina Gusmita mengaku terinspirasi oleh Jendy Panggabean, penyandang disabilitas yang punya banyak prestasi di dunia.

Salah satu bukti kehebatan Jendy Panggabean saat tampil di ASEAN Para Games 2017. Dia meraih lima medali emas dan mencetak empat rekor Asia di ASEAN Para Games yang berlansung di Malaysia.

"Saya ingin seperti Jendy (Panggabean) medali emasnya banyak di lehernya," kata Mita, sapaan Nina Gusmita, saat ditemui di Jakarta, beberapa hari lalu.

Di ajang Asian Para Games 2018, Mita memang mematok medali emas melingkar di lehernya. Dia akan mewujudkan itu bersama tujuh atlet voli duduk Indonesia lainnya.

Wanita lulusan SMAN 3 Medan ini menyadari, mimpinya meraih medali emas Asian Para Games bukan perkara mudah. Pasalnya, Indonesia sendiri baru pertama kali tampil di cabang olahraga ini dalam ajang Asian Para Games.

"Semua negara merupakan pesaing yang berat, namun harus diakui Tiongkok merupakan lawan terberat yang harus kami hadapi," ujar Mita.

 

Ajang Pertama

Mita juga mengatakan, ini kali pertama dia mengikuti kompetisi besar. Tahun, lalu, dia tak bisa mewakili Indonesia di ASEAN Para Games Malaysia lantaran negara peserta tidak mencukupi.

Dia mendapat kesempatan kedua di Asian Para Games 2018. Dia sudah mulai pelatnas sejak awal tahun. Tekadnya pun tinggi, setinggi perjuangannya menghadapi kondisi terpuruk di usia yang masih muda.

Mita menjadi atlet voli duduk setelah kecelakaan motor yang membuatnya kehilangan kaku kanan, dua tahun lalu. Kendati demikian, dia menolak menyerah hingga berhasil menarik perhatian National Paralympic Committee (NPC) Sumatera Utara hingga disodorkan kontrak.

Dengan ketekunan dan kerja keras, Mita berhasil mendapat kesempatan menjadi atlet voli duduk putri mewakili Indonesia di ajang Asian Para Games 2018. Kini, Mita bersyukur, mimpinya menjadi atlet demi membanggakan Indonesia di mata dunia telah terwujud.

"Lebih bersyukur karena setiap kejadian ada hikmahnya. Saya dikasih begini melihat yang lain, tuna netra, fisik normal, tapi tidak bisa melihat, sama saja. Jadi saya bersyukur bisa diberi gini. Enggak pernah marah sama diri sendiri, keluarga," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gandeng Putrinya di Red Carpet, Yasmine Wildblood Curi Perhatian Publik

Posted: 28 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yasmine Wildblood muncul di sebuah acara bergengsi tampak cantik dengan gaun pink model asimetris. Biasanya, para artis menggandeng pasangan saat memenuhi undangan.

Kali ini, Yasmine Wildblood justru ditemani oleh sang putri, Seraphine Rose. Putri kecilnya yang baru berusia 2 tahun itu tampak menggemaskan dengan gaun yang sama dengan sang ibu.

Yasmine Wildblood juga membiarkan Seraphine berjalan menyusuri red carpet di acara yang diadakan oleh sebuah stasiun televisi di Jakarta.

Yasmine Wildblood mendandani putrinya dengan model kuncir dua. Dengan wajahnya yang lucu, Seraphina juga sampai menyapa media.

Natural

Yasmine Wildblood (Instagram/@yaswildblood)

Sementara, Yasmine Wildblood memilih menggulung rambutnya. Ia juga mengaplikasikan tata rias natural di wajahnya.

Seperti Putri

Yasmine Wildblood bersama putri kecilnya, Seraphina  (Instagram/@yaswildblood)

Di beberapa  foto yang diunggah, Yasmine Wildblood senang bisa mengajak Seraphine ke acara tersebut. Ia bangga melihat putrinya begitu menggemaskan seperti seorang putri.

"Terima kasih karena membuat Sera seperti putri sungguhan," tulis Yasmine Wildblood, Jumat (28/9/2018), sebagai keterangan foto.

Gemas

Seraphina Rose, putri Yasmine Wildblood   (Instagram/@yaswildblood)

Foto Seraphine dengan berbagai ekspresi dan gaya berhasil mencuri perhatian wraganet. Beberapa menyebutkan tak kuat melihat putri Yasmine Wildblood yang tampak menggemaskan.

Akun @faradinaagustien menuliskan, "gemas, sayang! Cantik banget."

Pengguna jess__1209, hanya berkomentar "Luccunyaa," karena tak kuasa melihat foto Seraphina yang menggemaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Polda Sulsel Terjunkan 200 Personel Bantuan ke Lokasi Gempa Sulteng

Posted: 28 Sep 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Polda Sulawesi Selatan memastikan akan menerjunkan personel bantuan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Palu, Sulawesi Tenggara.

Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Dicky Dicky Sondani mengatakan, personel bantuan itu terdiri dari Brimob, Sabhara, hingga tim dokter dan kesehatan. Jumlahnya, kata dia, diperkirakan 200 personel.

"Kita sedang persiapkan dulu. Mungkin kalau jumlah personel di atas 200 orang," kata Dicky saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Sebagai wilayah terdekat, Dicky menambahkan, pihaknya langsung merespons ketika bencana tersebut terjadi. Kapolda Sulsel, sambung dia, memerintahkan untuk segera mengirimkan bantuan.

Selain mengirimkan bantuan personel, Dicky mengatakan pihanya juga akan mengirimkan bantuan logistik berupa makanan, tenda, dan obat-obatan.

"Yang paling urgent itu kan tenda. Banyak rumah-rumah yang rusak itu ya. Kemudian tugas kita di sana memperbaiki sarana dan prasarana, mungkin ada rumah yang rusak dan sebagainya," terang Dicky.

Menurut Dicky, nantinya bantuan personel dan logistik akan diberangkatkan lewat jalur darat. Hanya saja, hingga kini pihaknyan masih berkoordinasi dengan jajaran Polda Sulewasi Tengah, ada beberapa jalur yang menuju lokasi bencana terputus.

"Masih kita koordinasikan. Kita masih cari jalur yang aman lah ya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Menyaksikan Lomba Keledai di Kairo

Posted: 28 Sep 2018 09:25 PM PDT

Peserta mempersiapkan keledainya untuk ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Peserta mempersiapkan keledainya untuk ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Peserta mempersiapkan keledainya untuk ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Peserta mempersiapkan keledainya untuk ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Para peserta bersiap di garis saat untuk mengikuti lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Para peserta bersiap di garis saat untuk mengikuti lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Para peserta memacu keledainya saat ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Para peserta memacu keledainya saat ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Para peserta memacu keledainya saat ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

Para peserta memacu keledainya saat ambil bagian dalam lomba balap keledai di desa Al-Baragel, luar Kairo, Jumat (28/9). Sebanyak 35 keledai berpartisipasi dalam kompetisi tahunan yang berhadiah 5000 EGP atau sekitar 4 juta rupiah. (AP/Amr Nabil)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sensasi Staycation Bak Istana dalam Hutan Tropis di Pusat Kota Bandung

Posted: 28 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menentukan lokasi hotel di Bandung bertujuan untuk memetakan tempat wisata yang akan dikunjungi. Bisa jadi, seperti The Papandayan Hotel yang terletak di pusat kota Kembang yang berdiri sejak tahun 80-an selalu menunggu para traveler yang ingin mengeksplorasi pusat kota Bandung.

Meski sudah eksis dan berjaya lintas zaman, kami tidak merasakan kesan old sama sekali. Bisa jadi karena berdesain klasik yang tetap timeless dan justru semakin terasa mewah serta berkelas. Selain itu, The Papandayan Hotel juga merampungkan renovasi total pada tahun 2010. 

Area lobi dengan nuansa cokelat, beige, dan gold yang hangat sudah memberikan sebuah statement. Begitu juga sejauh mata memandang saat kami berjalan dari halaman parkir yang terletak di belakang bangunan hotel, mulai dari taman yang lebih menyerupai hutan tropis, serta dua tangga raksasa yang membuat hotel ini bak istana.

Tak sabar juga untuk merasakan ambience kamar yang akan melengkapi pengalaman staycation di hotel yang dikenal dengan event The Papandayan Jazz Fest-nya. Kami mendapat kamar The Classic, saat menyusuri lorongnya, dibuat kagum dengan pemilihan lampu gantung dan motif karpet yang membangun suasana klasik itu sendiri.

 

The Papandayan Hotel (Liputan6.com/Novi Nadya)

Romantis nan Klasik

The Papandayan Hotel (Liputan6.com/Novi Nadya)

Mewah, klasik, dan romantis langsung terserap saat melihat desain kamar. Apalagi ada tambahan warna olive green yang menjadi pilihan furnitur pada sofa, backdrop tempat tidur, dan wallpaper.

Permainan cahaya yang temaram juga menambah kesan romance. Seolah lupa bahwa sedang bermalam di tengah kota Paris Van Java. Makin lupa, saat membuka jendela besar, view yang didapat adalah hutan dengan air terjun artifisial yang indah.

Jika terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan, meja kerja yang menjadi properti kamar juga tetap memberikan perasaan calming. Setelah itu manjakan diri dengan berendam di bathtub sambil menonton televisi karena sekat terbuat dari kaca. Super-nyaman!

Kualitas beristirahat pun ditunjang dengan double bed ukuran besar. Rasanya muat untuk tiga orang dewasa atau orangtua dengan dua anak kecil. Ranjang yang membuat malas beranjak tapi melewatkan sarapan juga bukan jadi pilihan tepat.

The Papandayan Hotel (Liputan6.com/Novi Nadya)

'Suaka' di Tengah Kota

Tropical Garden di The Papandayan Hotel (Liputan6.com/Novi Nadya)

Sarapan di hotel bintang lima tentu sudah siap dimanjakan dengan berbagai variasi hidangan. Sebelum tergoda dengan kelezatan semua sajian, meja makan dengan pemandangan Tropical Garden menjadi salah satu spot terbaik di Pago Restaurant.

Dari sekian banyak menu, berikut beberapa rekomendasi kami. Ayam dengan bumbu peking yang garing di luar dan lembut di dalam yang disantap bersama nasi. Pilihan dimsum, pastry (croissan-nya juara), dan jangan lupa jajal berbagai camilan tradisionalnya.

Bagi anak-anak pasti akan menyukai cotton candy dan popcorn yang ada di bagian luar restoran. Apalagi setelahnya bisa mengajak berenang di pool yang cukup luas dan tersedia area untuk anak-anak.

Puas mengisi perut, saatnya bermain di 'hutan' yang semalam hanya kami lewati. Seperti berbeda zona, saat memasukinya kesejukan langsung terasa. Pepohonan tropis yang menjulang tinggi seolah membuat kami berada di suaka yang memberikan kedamaian dan melupakan kepenatan.

Beberapa orang terlihat membuka laptop, ada yang melihat burung-burung, dan menikmati gemericik air terjun artifisial di taman. Tapi berdiam diri tanpa melakukan apa-apa di taman ini sudah jadi relaksasi.

 

Cotton Candy dan Popcorn di The Papandayan Hotel (Liputan6.com/Novi Nadya)

The Papandayan Jazz Fest

Jajanan tempo dulu di The Papandayan Hotel (Liputan6.com/Novi Nadya)

Jangan lupa mengabadikan momen 'suaka' di tengah kota sebagai kenangan yang mengingatkan untuk ingin selalu kembali bermalam lagi. Fasilitas lain yang menjadi favorit adalah sauna, jacuzzi, serta beberapa resto dan kafe yang sudah populer.

Perlu diketahui, karena lokasi parkir yang berada di belakang hotel, sebaiknya barang bawaan di-drop terlebih dulu di lobi. Sebab, akses dari parkir ke lobi harus dilewati dengan jalan kaki.

Tertarik untuk staycation di The Papandayan sekaligus menikmati festival musik? Luangkan waktu pada 4 -6 Oktober 2018 untuk menonton banyak musisi top di The Papandayan Jazz Fest.

Sederet musisi seperti Gugun Blues Shelter, RAN, Isyana Sarasvati, Dwiki Dharmawan, 3 Generation of Jazz Guitar (Tohpati, Oele Pattiselanno, Tiyo Alibasjah) dan masih banyak lagi siap menghibur Anda. Sampai jumpa lagi The Papandayan Hotel! Hatur nuhun!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakhri Husaini: Timnas U-16 Indonesia Siap Menghadapi Australia

Posted: 28 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pelatih kepala timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini mengatakan dirinya dan tim sudah siap serta mengenal permainan timnas U-16 Australia. "Kami sudah menyiapkan semua kemungkinan mengenai calon lawan, termasuk melawan Australia," ucapnya di Kuala Lumpur, Malaysia, seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (29/9/2018).

Australia akan menjadi lawan timnas U-16 Indonesia di perempat final Piala AFC U-16 2018. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (1/10/2018).

Meski sempat kalah 0-3 saat bertemu Korea Selatan, Australia mampu bangkit dan menang 2-1 atas Irak. Karena itu, Australia tidak bisa dianggap lawan yang mudah.

Apalagi, timnas U-16 pernah bertemu saat Piala AFF U-16 2017 di Chonburi, Thailand. "Australia tim yang bagus, fisik mereka tidak bisa diragukan lagi, apalagi teknik. Tim ini juga pernah bertemu mereka saat di Thailand. Saat itu kami kalah 7-3," ucap Fakhri.

"Tapi, Bagus mencetak tiga gol disana. Striker mereka masih sama. Mungkin kami harus waspada terhadapnya dan juga pemain lain."

 

Tidak Percaya Statistik

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, menyebut timnya siap tempur di Piala AFF U-16 2018 karena para pemainnya sudah semakin kompak dan padu. (dok. PSSI)

"Tapi, mungkin saat ini mereka sudah banyak berubah. Karena di sepak bola itu tidak melulu bicara statistik dan hitungan matematika. Kita tak bisa berpatokan dengan itu. Statistik itu tidak ada di sepak bola, saya tak percaya hal itu. Ini sepak bola, apapun bisa terjadi," tegas Fakhri.

Fakhri menegaskan timnas U-16 Indonesia tetap tenang dan fokus jelang laga menghadapi Australia. "Saya tenang saja, tak ada masalah. Yang jelas pemain kami akan tetap konsentrasi terhadap permainannya dan tetap berlatih dengan serius," ujarnya.

Pelatih Australia

Sementara itu, pelatih kepala timnas U-16 Australia Trevor Morgan juga sangat mewaspadai timnas U-16 Indonesia. "Indonesia merupakan tim yang terstruktur dengan baik, mempunyai dukungan besar dari suporternya," papar Trevor.

"Mereka memainkan sepak bola yang baik. Kami akan meningkatkan dari pertandingan ini lagi."

Laga Indonesia melawan Australia akan menentukan siapa yang akan menjadi calon kontestan di Piala Dunia U-17 yang akan berlangsung di Peru pada 2019. Mereka yang lolos ke semifinal akan mendapatkan tiket tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Real Madrid vs Atletico Madrid: Lopetegui Minta Pemain Lupakan Kekalahan Telak

Posted: 28 Sep 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Manajer Real Madrid, Julen Lopetegui ingin pemainnya segera melupakan kekalahan telak lawan Sevilla di tengah pekan lalu. Madrid seperti diketahui digebuk Sevilla 0-3 di lanjutan Liga Spanyol.

Bukan cuma hasil akhir saja yang bikin malu, permainan Madrid dalam pertandingan itu juga mendapatkan banyak kritikan. Pertahanan Real Madrid yang sebelumnya dikenal sangat tangguh begitu mudah diacak-acak oleh para pemain depan Sevilla.

Belum selesai syok yang mereka alami dari laga itu, Madrid sudah harus menjalani ujian berat lainnya. Akhir pekan ini, Real Madrid akan berhadapan dengan rival sekota mereka; Atletico Madrid, juga dalam lanjutan La Liga 2018-19.

Lopetegui menyatakan bahwa cara terbaik untuk menghadapi situasi yang dialami timnya adalah dengan segera melupakan kekalahan dari Sevilla. Tujuannya adalah agar para penggawa Real Madrid semuanya bisa fokus untuk menghadapi tantangan yang sudah menunggu di depan.

"Dalam sepakbola, semuanya berjalan dengan sangat cepat. Kami harus bisa meninggalkan semua yang sudha berada di belakang kami karena sudah ada tantangan hebat yang menunggu kami di depan," cetus Lopetegui kepada Marca.

"Kami tidak suka berlama-lama merayakan kemenangan, jadi kami juga tidak suka melakukannya saat kalah. Kami selalu memikirkan tantangan besar dalam pertandingan selanjutnya yang akan kami jalani."

 

Wajib Main Bagus

Prediksi Real Madrid Vs Atlético Madrids (Liputan6.com/Trie yas)

Lopetegui tak mau lagi Real Madrid mengulangi kesalahan mereka seperti saat melawan Sevilla. Ia ingin Madrid menunjukkan permainan yang berimbang, baik dari sisi menyerang maupun bertahan. Meski demikian, Lopetegui meyakini pertandingan nanti akan berjalan dengan berimbang dan sengit.

"Saya meyakini laga nanti akan berlangsung berimbang. Laga nanti akan sangat sulit dan kami haris bekerja ekstra keras sekaligus bermain bagus. Saya yakin kami bisa melakukannya."

"Kami akan mengukur kemampuan kami menghadapi rival yang hebat. Atletico adalah tim ranking atas. Bermain melawan mereka akan membuat kami punya kewajiban untuk memberikan semua yang terbaik."

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

83 Personel TNI dan 6.943 Kilogram Barang Bantuan Diterbangkan ke Palu

Posted: 28 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 83 personel Tentara Nasional Indonesia (TNI) terbang ke Palu, Sulawesi Tengah untuk membantu penanganan darurat pascagempa yang terjadi di Donggala. Selain itu, juga terdapat bantuan barang seberat 6.943 kilogram yang dikirim menggunakan pesawat Hercules.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho melalui akun Twitter resmi @Sutopo_PN, Sabtu (29/9/2018).

Daftar barang yang dikirim ke Palu dan Donggala di antaranya 3 unit tenda pleton, 83 unit velbed, alat operasi dan 1 buah genset.

Sutopo juga menyertakan beberapa foto anggota TNI yang sedang berbaris dan tampak sigap untuk membantu proses penanganan di Sulawesi Tengah.

TNI Angkatan Udara (AU) juga telah menyiapkan lima pesawat TNI AU yang berangkat dari Landasan Udara Sultan Hasanuddin Makassar, Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Landasan Udara Abd. Rachman Saleh Malang.

Pesawat itu akan mengangkut personel TNI, Pengatur Lalu Lintas Udara, Basarnas, dan juga peralatan dan perlengkapan kesehatan, tenda, ambulance sebagai tindakan penanggulangan bencana di Sulawesi Tengah.

Reporter: Melissa Octavianti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blokade Dibongkar, Pasutri di Jombang Tak Lagi Panjat Pagar

Posted: 28 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jombang - Pasangan suami istri (pasutri) Abdul Karim dan Siti Khotijah, warga Desa Sudimoro, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, akhirnya kembali mendapatkan akses menuju rumahnya setelah sebagaian pagar rumah milik tetangganya, Seger (61) dibongkar Babinsa, Lurah dan Bhabinkamtibmas.

Kapolsek Megaluh AKP Yanuar Tri Ratna Sanjaya mengatakan, mediasi antara pihak Siti Khotijah dan Seger di Balai Desa Sudimoro dihadiri oleh Camat Megaluh, Kades Sudimoro, Babinsa Sudimoro, dan Bhabinkamtibmas Dusun Sudimoro.

"Sebelum pembongkaran pagar, kami sempat melakukan mediasi dengan kedua warga yang bersangkutan namun dari pihak ibu Siti Khotijah tidak hadir dengan alasan diserahkan kepada pengacaranya," tuturnya, Jumat 28 September 2018.

Yanuar mengatakan, dalam mediasi tersebut, Seger menyatakan siap memberikan akses jalan selebar 1,5 meter  di depan rumah Siti Khotijah atas dasar kemanusiaan.

"Sekitar pukul 13.30 WIB, Babinsa, Lurah dan Bhabinkamtibmas, menemui dan memberitahukan ibu Siti Khotijah terkait dengan rencana pemberian akses jalan di depan rumahnya dan mendapat tanggapan bahwa Ibu Siti Khotijah mempersilahkan namun tetap menyerahkan permasalahan ini kepada pengacaranya," katanya.

Yanuar menyampaikan, Kepala Desa (Kader) Sudimoro selanjutnya membuka akses jalan di depan rumah Siti Khotijah demi kemanusiaan sesuai ijin dari pemilik pagar yaitu Seger. "Saat ini akses jalan sudah terbuka, situasi dan kondisi di sana dalam keadaan aman terkendali," ucapnya.

Sementara itu, kakak kandung Situ Khotijah, Siti Utami (42) mengaku senang dengan pembongkaran sebagai pagar milik Seger.

"Saya ikut senang karena adik saya sudah punya akses jalan meski hanya satu meter. Untuk lewat sepeda motor sudah muat," kata Siti Utami.

Siti Utami menegaskan, pembongkaran pagar ini tak akan menghentikan gugatan terhadap Seger. Pihaknya tetap menuntut tanah warisan orang tuanya yang diklaim oleh Seger, dikembalikan.

"Walaupun dibongkar, gugatan kami di Pengadilan Jombang tetap lanjut. Senin minggu depan sidang dilanjutkan," ujar Siti Utami.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nikmati Fasilitas Resor Kelas Dunia di Nusa Dua Seharga Rp 750 Ribu

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kini siapa saja bisa menikmati keindahan alam yang berpadu dengan fasilitas mewah Hilton Bali Resort. Lewat paket Day in Paradise, semua orang bebas mengakses resort yang berlokasi di bagian selatan Nusa Dua.

Tak berlebihan rasanya disebut Day in Paradise, sebab Hilton Bali Resort menawarkan surga tropis dengan akses langsung ke pantai. Selain itu ada empat kolam renang yang saling terkoneksi, seluncuran air, dan kolam jetted outdoor, dan klub untuk anak-anak usia 4-12 tahun.

Saat anak asyik main, orang dewasa bisa menikmati fasilitas relaksasi seperti spa, fitnes dengan spa, seam room, plunge pool, pasir putih Pantai Sawangan. Sudah dapat dibayangkan betapa menyenangkannya menghabiskan waktu di sini bersama pasangan, keluarga, dan kelompok sosial.

 

 

 

Wujudkan Impian Banyak Orang

Hilton Bali Resort

"Day in Paradise disiapkan untuk tamu non-hotel dan warga lokal serta turis yang ingin menikmati resor luas kami. Paket ini juga hadir dari permintaan pasar dan kami telah mengemas dengan baik untuk memberikan pengalaman terbaik," ujar General Manager Hilton Bali Resort Peter Simson.

 

 

Nikmati Sajian Resto The Shore yang Baru Direnovasi

Hilton Bali Resort

Untuk menikmati fasilitas tersebut dipatok harga Rp750.000 nett per tamu. Harga tersebut termasuk kredit makan dan minuman sebesar Rp400.000 nett yang dapat ditukarkan di The Shore Restaurant yang baru direnovasi.

Anak-anak berusia 7-12 tahun mendapat diskon 50 persen dari harga tiket masuk termasuk kredit makanan dan minuman sebesar Rp200.000 nett. Selain itu, tamu juga mendapat handuk, kursi di pool wiFi di restoran, dan diskon 20 persen untuk perawatan tubuh pilihan di Mandara Spa.

 

Hilton Bali Resort

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelabuhan di Kota Palu Rusak Parah Akibat Gempa

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah fasilitas sarana dan prasana pelabuhan di wilayah Sulawesi Tengah mengalami kerusakan akibat gempa magnitudo 7,4 yang mengguncang wilayah tersebut, pada Jumat (28/9/2019).‎

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan R Agus H. Purnomo mengatakan, Pelabuhan Pantoloan yang berada di kota Palu mengalami kerusakan yang paling parah, dibandingkan pelabuhan lainnya yang ditandai dengan rubuhnya Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan.

"Laporan sementara, Quay Crane di Pelabuhan Pantoloan rubuh dan dengan kondisi ini layanan kepelabuhanan dihentikan menunggu hasil pengecekan lebih lanjut di lapangan," kata Agus, di Jakarta, Sabtu (29/9/2018).

Sementara itu, laporan dari Pelabuhan Wani menyebutkan ada beberapa bangunan dan dermaga mengalami kerusakan. Sedangkan kapal KM Sabuk Nusantara 39 yang sedang bersandar di Pelabuhan Wani terlempar dan terbawa arus sejauh 70 meter dari dermaga, akibat gelombang tsunami yang menerjang wilayah tersebut kemarin.

Saat itu Kapal KM Sabuk Nusantara 39 dalam kondisi tidak ada penumpang. Total Anak Buah Kapal (ABK) ada 20 orang. Saat kejadian, ada 3 orang ABK yang sedang turun ke darat untuk bertemu keluarganya.

"Posisi kapal sendiri saat ini berada di sekitar 70 meter dari laut tepatnya di jalan menuju pelabuhan dan saat ini kapal menggunakan generator darurat untuk kelistrikannya," ujar Agus.

Kerusakan akibat gempa juga terjadi di Pelabuhan Ogoamas berupa adanya retak di Talaud dan terjadi pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3 cm.

Selanjutnya, laporan yang masuk dari Pelabuhan Ampana, Pelabuhan Luwuk, Pelabuhan Belang-Belang dan Pelabuhan Majene kondisinya baik dan tidak ada kerusakan akibat gempa.

 

Waspada

Sebuah masjid mengalami kerusakan berat akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Agus meminta agar jajarannya di lokasi gempa untuk tetap waspada terhadap gempa susulan yang masih terjadi sewaktu-waktu dan menginstruksikan untuk terus melakukan pengawasan dan pengecekan adanya kerusakan pasca gempa bumi di pelabuhan.

Sementara itu, Agus telah membentuk Quick Response Team yang langsung diterjunkan ke lokasi bencana gempa bumi tersebut.

Adapun kapal patroli kelas I dan kelas II dari KSOP Bitung dan Pangkalan PLP Bitung serta PLP Tual sebagai bagian dari Quick Response Team siap siaga untuk membantu musibah gempa bumi tersebut.‎

"Kami telah membentuk Quick Response Team untuk membantu memberikan pertolongan bagi korban gempa. Saya juga menginstruksikan agar UPT di sekitar wilayah bencana gempa tersebut untuk memberikan pertolongan sebagai bagian dari Quick Response Team Ditjen Perhubungan Laut," tandasnya.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menpar Resmikan Destinasi Digital ke-23 Pasar Berbatik Cikadu

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta GenPI Banten kembali meluncurkan Destinasi Digital dengan nuansa yang berbeda. Namanya Pasar Berbatik Cikadu. Nuansanya dipenuhi batik-batik khas Kampung Cikadu, Pandeglang.

Pasar digital ke-23 milik GenPI ini diresmikan langsung Menteri Pariwisata Arief Yahya, Jumat 28 September 2018. Bertepatan dengan Festival Tanjung Lesung 2018. Terpantau ratusan pengunjung sudah menikmati pasar ini.

Kedatangan Menpar Arief Yahya disambut 100 Penari. Prosesi peresmian pasar @berbatikcikadu dibuka dengan pengguntingan pita. Kemudian dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Menpar Arief Yahya.

Pasar digital ini berkerjasama dengan Dinas Pariwisata Banten dan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang. Didukung juga pihak-pihak sponsor dalam pembuatan Pasar Berbatik Cikadu.

"Dengan mengucap Bismillah, Pasar Berbatik Cikadu saya resmikan dibuka. Kepada masyarakat Cikadu silakan memanfaatkan pasar ini mengembangkan pariwisata atau memasarkan batiknya," ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga berharap, agar GenPI dan pengelola saling bekerjasama menangani Pasar Berbatik Cikadu dengan baik. Agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat dan mengangkat perekonomian sekitar .

"Point saya manfaatkanlah anggaran dengan sebaik-baiknya. Gandeng perusahaan-perusahaan terutama BUMN. Tapi point saya gunakan pasar ini sebesar-besarnya," kata Menpar.

Pasar Berbatik Cikadu mulai dibuka pukul 08:00 WIB sampai dengan 16:00 WIB. Dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 28-30 September 2018.

Di hari pertama, 28 September 2018, ada lomba Bercerita tentang sejarah Kampung Cikadu. Dimana para peserta diambil dari pengunjung yang berminat dalam bidang tulis menulis.

Selain itu, ada berbagai keramaian saat berada di peresmian Pasar Berbatik Cikadu. Seperti Lomba Membatik, permainan tradisional dan hiburan lainnya.

"Di Pasar @berbatikcikadu ini juga ada berbagai macam jenis olahan makanan tradisional. Seperti jajanan Gengsot khas Cikadu, Nasi Gadung, Keripik Gadung, Wajik, Kue Setan dan berbagai jajanan lainnya," ujar Juragan Pasar Berbatik Cikadu, Karim Amrullah.

Foto Booth dan Foto untuk Selfie Pengunjung telah dikonsep dengan menarik. Stand Pasar juga dihiasi dengan Hiasan Batik khas Cikadu. Dan itu menambah daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Pasar Berbatik ini.

"Kamu bisa berlama-lama di Pasar ini karena disediakan saung yang nyaman buat nongkrong. Juga ada WiFi yang terus mengalirkan suasana kamu untuk berselfie ria dan foto cantik untuk diuploud di medsos. Setelah itu, jangan lupa ikuti lomba foto Genpi-nya. Kamu bisa cek di Instagram @genpibanten @pasarberbatik," imbuh Karim.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi Juventus Vs Napoli: Kans Tancap Gas

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Turin - Juventus bakal menjamu Napoli pada pekan ketujuh Serie A, di Allianz Stadium, Turin, Sabtu (29/9/2018). Ini bisa menjadi duel yang dimanfaatkan Juventus untuk tancap gas tinggalkan rival di serie A.

Saat ini, Juventus memuncaki Serie A berkat sapu bersih kemenangan pada enam pertandingan. Napoli yang sempat tergelincir saat kalah dari Sampdoria, mulai menguntit di posisi kedua dengan selisih tiga poin.

Jarak dua tim besar melebar bila Juventus meraih kemenangan. I Bianconeri juga ingin menjaga catatan 100 persen kemenangan di berbagai ajang pada musim ini.

Meski demikian, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri, enggan jemawa dengan kondisi yang dialami timnya saat ini. Allegri meminta pasukannya untuk fokus melewati hadangan Napoli.

"Kami harus kuat secara fisik dan memainkan strategi seperti biasa pada laga melawan Napoli. Laga nanti sudah dinantikan dan kami harus siap," kata Allegri.

"Napoli memiliki tim yang bagus dan para pemainnya sudah sering bersama. Di klasemen, sebuah kemenangan sangat penting bagi mereka ketimbang kami. Namun, kami sadar ini baru awal musim," lanjut Allegri.

Napoli datang ke Turin dengan kepercayaan diri tinggi. Tim asuhan Carlo Ancelotti itu meraih dua kemenangan terakhir di Serie A dengan skor meyakinkan.

"Kami dalam kondisi sempurna. Para pemain termotivasi jelang pertemuan ini. Saya kesulitan menentukan pemain inti, karena lebih dari 11 pemain tampil bagus pada awal musim ini," tutur Ancelotti.

Juventus memang harus mewaspadai kebangkitan Napoli. Jika tidak, kenangan musim lalu bisa terulang saat I Bianconeri bertekuk lutut dari I Partenopei di kandang sendiri.

 

Head to head

Pemain Juventus merayakan gol yang dicetak Paulo Dybala pada laga melawan Bologna (26/9/2018). (AFP/Marco Bertorello)

Head to head

22/4/2018 - Juventus 0-1 Napoli (Serie A)

1/12/2017 - Napoli 0-1 Juventus (Serie A)

5/4/2017 - Napoli 3-2 Juventus (Coppa Italia)

2/4/2017 - Napoli 1-1 Juventus (Serie A)

28/2/2017 - Juventus 3-1 Napoli (Coppa Italia)

Lima pertandingan terakhir Juventus

26/9/2018 - Juventus 2-0 Bologna (Serie A)

23/9/2018 - Frosinone 0-2 Juventus (Serie A)

19/9/2018 - Valencia 0-2 Juventus (Liga Champions)

16/9/2018 - Juventus 2-1 Sassuolo (Serie A)

1/9/2018 - Parma 1-2 Juventus (Serie A)

Lima pertandingan terakhir Napoli

26/9/2018 - Napoli 3-0 Parma (Serie A)

23/9/2018 - Torino 1-3 Napoli (Serie A)

18/9/2018 - Crvena Zvezda 0-0 Napoli (Liga Champions)

15/9/2018 - Napoli 1-0 Fiorentino (Serie A)

2/9/2018 - Sampdoria 3-0 Napoli (Serie A)

Prediksi

Juventus 55-45 Napoli

Perkiraan susunan pemain

Juventus: Wojciech Szczesny; Juan Cuadrado, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Alex Sandro; Miralem Pjanic, Emre Can, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Cristiano Ronaldo, Mario Mandzukic

Pelatih: Massimiliano Allegri

Napoli: David Ospina; Elseid Hysaj, Raul Albiol, Kalidou Koulibaly, Mario Rui; Jose Callejon, Allan, Fabian Ruiz, Piotr Zielinski; Lorenzo Insigne; Arkadiusz Milik

Pelatih: Carlo Ancelotti

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: 6 Tingkah Nyeleneh Orang Indonesia Saat Berada di KRL

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Commuter Line menjadi salah satu transportasi umum yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Bagi kalian yang kerap menggunakan KRL sehari-hari tentu tak asing kan melihat berbagai tingkah konyol penumpangnya.

Ya, nyatanya ada banyak tingkah nyeleneh yang kerap dilakukan penumpang KRL loh.

Artikel tentang 6 tingkah konyol orang Indonesia ketika berada di KRL, menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang objek pertama yang kalian lihat bisa ungkap pandangan pria terhadap kalian. Sedangkan artikel tentang 9 penampakan tubuh manusia dilihat di bawah mikroskop menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 6 Kelakuan Nyeleneh Penumpang KRL, Cuma Indonesia yang Punya

Doc: Twitter.com

Commuter line atau yang lebih dikenal dengan KRL, merupakan salah satu transportasi publik andalan masyarakat. Terlebih di Pulau Jawa. Aksesnya mudah, ongkosnya juga tidak terbilang mahal, tak heran membuat KRL ramai digunakan terlebih pada jam-jam sibuk. Seringkali, terlihat hal-hal ganjil yang terjadi di atas KRL. Dihimpun dari berbagai sumber, ini dia.

Selengkapnya...

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2. Objek Pertama yang Dilihat di Sini Ungkap Pandangan Pria Terhadapmu

(Foto: brilio.net)

Mengetahui kepribadian maupun karakter seseorang memang bisa dengan berbagai cara, salah satunya melalui sebuah gambar. Selain itu, tes sederhana tersebut juga bisa menerawang pandangan para pria terhadap wanita lo.

Melansir dari Yourtango, karakter terpendam wanita bisa diterka para pria saat pertama kali melihat. Ada empat gambar yang bisa merepresentasikan karaktermu yang kemudian bisa dideteksi oleh kaum adam. Empat gambar itu adalah gorila, singa betina, burung dan pohon.

Selengkapnya...

3. 9 Penampakan Bagian Tubuh Manusia Jika Dilihat dengan Mikroskop, Bikin Merinding

Ivanka Trump menggunakan mikroskop di laboratorium ketika melakukan kunjungan ke Waukee Innovation and Learning Centre di Waukee, Iowa, (19/3). (Rodney White/The Des Moines Register via AP)

Siapa sangka, bila dilihat dengan menggunakan mikroskop, bagian tubuh manusia bisa terlihat mengerikan. Ini karena permukaan seperti pori-pori dan bulu-bulu di tubuh, akan terlihat jelas di bawah mikroskop.Meski demikian, apa yang Anda lihat adalah salah satu bentuk kreasi Tuhan yang menakjubkan. Penasaran dengan detail tubuh kita? Melansir dari Thiswillblowmymind, ini dia.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koleksi Barang Bermerek, Zaskia Gotik Mengaku Investasi

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Zaskia Gotik diketahui mulai menghiasi dirinya dengan barang-barang bermerek. Namun Zaskia Gotik mengatakan bahwa hal tersebut dilakukannya hanya jika dirinya mampu.

Zaskia Gotik mengaku tidak terlalu memaksakan diri dalam mengoleksi barang-barang bermerek tersebut. Hal itu disampaikannya saat ditemui di kawasan Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (28/9/2018).

"Ada cuma beberapa saja. Ya kalau mampu dibeli, kalau enggak mampu ya enggak usah dibeli. Gitu saja. Semampu kita saja sih beli barang-barang branded, gitu saja sih. Kalau mampu ya beli, kalau enggak ya enggak," aku Zaskia Gotik.

Saat ini Zaskia Gotik menyebut dirinya sedang gemar mengumpulkan tas-tas bermerek.

 

Tas

Media visit pemain film Arwah Tumbal Nyai (Deki Prayoga/bintang.com)

Sekali lagi Zaskia Gotik mengatakan tas-tas bermerek tersebut hanya dibeli sesuai kemampuannya saja.

"Aku lagi senang tas. Tapi kalau aku mampu beli ya beli, kalau enggak ya enggak," terang Zaskia Gotik.

 

Investasi

Zaskia Gotik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Kegiatannya itu dikatakan Zaskia Gotik adalah salah satu bentuk investasi. Tak hanya untuk tas, Zaskia Gotik juga rupanya berinvestasi melalui perhiasan mewah seperti emas dan berlian.

"Iya bisa investasi melalui tas walaupun rugi, ada ruginya ya pasti itu, karena barangnya kita pakai. Beli diamond berlian gitu. Yang enggak pernah rugi beli emas dan investasi tanah, itu enggak akan pernah rugi. Jadi kalau punya duit banyak, yang terbaik ya beli tanah saja, dan itu saya lakukan, walaupun cuma sedikit," tutup Zaskia Gotik.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

WNI di Amerika Buat Jamu Tradisional dan Sambal Mendunia

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, San Francisco - Warga Negara Indonesia (WNI), Morsinah Katimin, memperkenalkan jamu tradisional dan sambal kepada penduduk Amerika Serikat. Nama produknya pun terbilang unik, yakni "Sajen".

Sebutan ini terinspirasi dari zaman kecil Morsinah. Kata wanita paruh baya ini, dahulu kala sewaktu dia masih kanak-kanak, dia kerap mengamuk saat sedang marah. Itulah awal mula munculnya "Sajen".

Morsinah, diaspora Indonesia yang menetap di San Francisco, menawarkan empat rasa jamu yang dijual dengan harga US$ 5 atau sekitar Rp 70 ribu untuk satu botol, yaitu kunyit, jahe kunyit, cengkeh kayumanis, dan jahe lengkuas. Demikian seperti dikutip dari VOA Indonesia, Sabtu (29/9/2018).

"Sambal sedang naik daun di Amerika. Banyak warga Amerika, yang sudah pernah pergi ke Indonesia, menyukai sambal. Akan tetapi, mereka tidak tahu bagaimana cara membuatnya," ujar Morsinah.

Upaya Morsinah memperkenalkan sambal ke publik di Negeri Paman Sam tidak sia-sia. Pada tahun 2018, sambal sate buatannya berhasil memperoleh penghargaan "Good Food".

Morsinah yang merupakan lulusan Universitas Colombia, New York, dulunya bekerja sebagai konsultan di berbagai anak badan dunia PBB. Ia terjun ke dunia wirausaha pada tahun 2010 dengan bantuan La Cocina, organisasi nirlaba yang mengelola dapur bersama untuk usaha rintisan di bidang kuliner.

La Cocina menyediakan ruang dapur komersial, bantuan teknis dan bisnis, serta akses ke peluang pasar dan penjualan.

"Kami kebanyakan membantu imigran perempuan, warga non kulit putih dan mereka yang jarang memperoleh kesempatan kepemilikan bisnis pada industri makanan," jelas Leticia Landa, Wakil Direktur La Cocina.

Morsinah --yang berasal dari Parakan, Jawa Tengah-- adalah orang Asia dan Indonesia pertama yang menjadi peserta program pelatihan di La Cocina hingga tahun 2014. Berbekal pengalamannya ikut dalam program pelatihan di lembaga tersebut, Morsinah memberanikan diri terjun ke industri makanan.

Awalnya, dia tidak mau menjual jamu, karena dianggapnya kuno. Tapi ia berubah pikiran setelah mempelajari banyaknya khasiat minuman tradisional ini dan mendapat dukungan dari Leticia yang menekankan bahwa produk jamu Morsinah dianggap unik, serta pantas dilempar ke pasaran. Rasanya pun enak.

Dalam mempromosikan sambal produksinya, Morsinah selalu menekankan kalau sambal adalah makanan leluhurnya dari Indonesia, yang dijualnya dengan harga sekitar Rp 100 ribu.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Kampungan, Namun Memberi Kebanggaan

Morsinah Katimin perkenalkan jamu dan sambal kepada publik Amerika lewat produknya yang diberi nama 'Sajen'. (VOA Indonesia)

Meracik jamu dan sambal membuat Morsinah belajar banyak mengenai kebudayaan Indonesia. Makanan yang awalnya dianggap kampungan, seperti namanya, kini memberinya kebanggaan tersendiri.

"Nama saya Morsinah, kan. Memang dari kecil saya diberi nama Morsinah, Morsinah itu, kan, nama kampungan. Nama bapak saya Katimin, itu pun saya terlalu bangga sekarang. Dulunya saya nggak senang. Aduh, namanya kampungan banget gitu loh. Tapi sekarang, semakin tua, saya menjadi semakin bangga dengan warisan budaya saya," ucapnya.

Sebelum memutuskan menggunakan nama "Sajen" untuk produknya, Morsinah awalnya sempat ingin memakai nama "Kampung Food and Drinks".

"Tapi orang-orang focus group (di La Cocina) kurang setuju, karena menurut mereka untuk membuat sebuah merek, kamu harus mencari kata yang amat singkat, terdiri dari lima huruf atau kurang," jelasnya.

Sementara itu, Morsinah bercita-cita mengembangkan dapur bersama, semacam "La Cocina" di Indonesia, dan bekolaborasi dengan produsen di Indonesia untuk mempopulerkan gula aren di Amerika.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Rahasia Umur Panjang Orang-orang Usia 100 Tahun

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Para centenarian (orang yang berusia hingga 100 tahun), memiliki tips dalam menjalani kehidupan mereka yang panjang. A Place For Mom, sebuah layanan bantuan rujukan, mencari jawabannya lewat sebuah survei.

Melansir Men's Health pada Sabtu (29/9/2018), laman tersebut menggali rahasia para centenarian lewat wawancara yang pernah dilakukan 100 orang yang hidup sampai 100 tahun. Mereka menemukan, setidaknya 25 persen mengikuti saran hidup sehat tradisional seperti mengonsumsi makanan sehat, dan 29 persen mengabaikannya.

Seperti misalnya Agnes Fenton (yang meninggal pada bulan Agustus 2017), percaya bahwa mengonsumsi segelas wiski setiap hari membantunya hidup sampai 112 tahun.

Sekitar 16 persen centenarian mengatakan, minum alkohol setiap hari adalah rahasia untuk umur panjang. Ini sejalan dengan sebuah studi yang mengklaim bahwa konsumsi alkohol secara moderat (dua gelas anggur atau bir per hari), memiliki kaitan dengan umur panjang.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

 

10 Kebiasaan Terbanyak

Ilustrasi lansia (iStockphoto)

Selain itu, 100 orang yang berusia 100 tahun ini juga memiliki beberapa kebiasaan yang sering mereka lakukan. Hal-hal tersebut dianggap sebagai salah satu trik mereka untuk berumur panjang.

29 persen mengabaikan saran diet tradisional, 25 persen mengonsumsi makanan sehat, 22 persen tetap aktif memasuki usia lanjut, 18 persen mengadopsi sikap positif, dan 16 persen mengonsumsi alkohol secara teratur.

Sementara itu, 12 persen tidak minum alkohol atau merokok, 10 persen memupuk sebuah hubungan yang dekat, 8 persen cukup tidur, 9 persen bersikap baik, dan 9 persen religius.

 

Saran-saran Anekdot

Lansia jalan kaki (iStockphoto)

Selain itu, ada beberapa orang seperti Leandra Becerra Lumbreras (yang meninggal usia 127 tahun), bahwa umur panjangnya terkait dengan kebiasaannya makan banyak cokelat dan tidak pernah menikah.

Selain itu, Besse Cooper, yang hidup hingga 116 tahun mengatakan, tidak ikut campur urusan orang lain dan tidak mengonsumsi junk food adalah kuncinya.

Anda juga bisa mengambil saran dari pria tertua di dunia, Masazo Nonaka yang mengatakan dirinya makan banyak kue dan mengambil waktu untuk berendam di air panas.

Walaupun begitu, tentu saja ini adalah berbagai contoh-contoh yang bersifat anekdot, bukan nasehat medis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tingkah Lucu Anak Kucing Mencuri Ikan Berukuran Besar

Posted: 28 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aksi menggemaskan seekor anak kucing mencuri ikan yang lebih besar dari tubuhnya. Momen ini terjadi di Kota Nanyang, Provinsi Henan, China.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menkominfo Terbang ke Palu Bawa Telepon Satelit

Posted: 28 Sep 2018 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah menteri, termasuk Menkominfo Rudiantara dan Panglima TNI, bersama Tim Pemulihan Bencana Sulawesi Tengah pada hari ini, Sabtu (29/9/2018), terbang menuju Palu, Sulawei Tengah. Tim membawa bantuan pasca gempa dan tsunami, termasuk telepon satelit.

Diungkapkan Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, saat ini sebanyak 30 telepon satelit sudah dibagikan oleh tim yang berangkat dengan pesawat ke Palu pagi ini pukul 07.00 WIB.

"Totalnya saat ini ada 31 telepon satelit. Ada penambahan satu telepon satelit yang akan kami bawa saat ini (sekitar pukul 10.00 WIB). 30 telepon satelit sudah dibagikan oleh tim yang berangkat pagi tadi pukul 07.00 WIB," kata pria yang akrab disapa Nando tersebut dalam keterangan resminya, Sabtu (29/9/2018).

Telepon satelit ini sangat dibutuhkan untuk mendukung koordinasi penanganan bencana di Kabupaten Donggala dan sekitarnya, mengingat jaringan telekomunikasi seluler terganggu disebabkan putusnya pasokan listrik PLN.

Lebih lanjut, Nando mengatakan bahwa satu-satunya jaringan operator seluler yang berfungsi pasca gempa di Donggala dan sekitarnya adalah XL Axiata. Ia pun mengimbau, masyarakat yang ingin menghubungi keluarga di Donggala, Palu dan sekitarnya menggunakan jaringan XL Axiata.

"Nomor telepon yang bisa dipakai di sana sekarang adalah jaringan XL Axiata, bagi saudara yang ingin mendapatkan konfirmasi tentang bencana di Palu dan sekitarnya dapat menggunakan nomor XL," ungkapnya.

 

Gempa Guncang Donggala, Jaringan XL Terpantau Aman

Presiden Jokowi menyampaikan tanggapan mengenai gempa yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah (foto: instagram Jokowi)

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengklaim jika kondisi jaringan XL di Sulawesi Tengah berjalan dengan cukup normal, meski memang ada beberapa titik yang terganggu akibat pemadaman listrik.

"Alhamdulillah kondisi jaringan kami aman, hanya beberapa site di Sulawesi Tengah terganggu karena pasokan listrik yang dimatikan setelah gempa," kata Ayu saat dihubungi pada Jumat malam (28/9/2018).

Sementara itu, katanya jaringan di Sulawesi Barat terpantau normal. "Kami akan terus memantau kondisi di sana. Tak lupa, atas nama keluarga besar XL Axiata, kami turut berduka atas gempa yang terjadi di Sulteng dan Sulbar," ungkapnya.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

SBY Minta Maaf ke Jokowi karena Twit Andi Arief

Posted: 28 Sep 2018 08:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono meminta maaf kepada Presiden Jokowi dan Jaksa Agung HM Prasetyo.

Permintaan maaf tersebut terkait pernyataan kadernya Andi Arief dalam akun twitternya tentang kader Partai Demokrat yang pindah ke Nasdem. Selain itu dalam tweetnya Andi juga menyerukan dengan tagar 2018GantiPresiden.

"Saya minta maaf kpd Presiden Jokowi & Jaksa Agung atas "tweet" Bung Andi Arief (AA), kader Demokrat, yg terlalu keras," tulis SBY dalam akun twitternya.

Pernyataan Andi Arief itu, kata SBY, mungkin membuat Jokowi dan Prasetyo tak nyaman.

"Saya tahu AA mewakili perasaan jutaan kader Demokrat yg tidak terima partai dan pemimpinnya dilecehkan oleh Partai Nasdem," tulis SBY.

Meskipun, kata SBY, dia yakin Jokowi tidak tahu-menahu terkait hal ini dan dapat merasakan perasaan kader Demokrat.

Twit Andi Arief

Andi Arief mengunggah sejumlah tudingan dalam cuitannya. Dia juga menyebut nama Jokowi dan menyerukan tagar 2018gantipresiden.

"Kalau Jokowi memang terlibat dalam skandal Jaksa Agung jadi alat politik NasDem, saya menyerukan tagar 2018gantipresiden," cuit Andi di akun twitternya.

Andi juga menuding Kejaksaan kini menjadi alat politik Partai NasDem. Andi lalu meminta agar pemilu dipercepat.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Lawan Sassuolo, AC Milan Krisis Pemain

Posted: 28 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Striker AC Milan, Gonzalo Higuain, dilaporkan sudah berlatih secara terpisah dari tim. Higuain berusaha memulihkan cederanya.

Seperti diketahui, Higuaian mengalami masalah otot paha. Dan, cedera paha ini sudah mengganggu dirinya selama beberapa hari terakhir.

Dilansir Calciomercato, Higuain saat ini diragukan bisa melakukan perjalanan bersama AC Milan ke kandang Sassuolo pada laga lanjutan Serie A, Minggu waktu setempat (30/9/2018).

Higuain, yang saat ini statusnya dipinjam dari Juventus, sejauh ini telah tampil lima kali di semua kompetisi bersama AC Milan. Tapi, pemain asal Argentina ini, tampil mengecewakan ketika AC Milan bermain imbang 1-1 melawan Empoli.

Krisis Pemain

Striker AC Milan, Gonzalo Higuain, merayakan gol ke gawang F91 Dudelange pada laga Grup F Liga Europa, di Stade Josy Bathel, Kamis (20/9/2018). (AFP/John Thys)

Terakhir, pemain berusia 30 tahun itu berlatih secara terpisah selama sesi pelatihan terakhir menjelang perjalanan ke Mapei Stadium. Ia ingin mendapatkan kembali kebugarannya tepat waktu untuk pertandingan nanti.

Selain Higuain, pemain AC Milan lainnya, Patrick Cutrone, juga dikabarkan menderita gangguan pada pergelangan kakinya. Itu berarti Milan hanya mengandalkan Fabio Borini di lini depan untuk menghadapi pertandingan melawan Sassuolo.

Kondisi Fisik

Sebelumnya, pelatih AC Milan, Gattuso, sempat menjelaskan performa timnya. Ia menyatakan bahwa masalah Rossoneri saat ini adalah kondisi fisik pemainnya yang mudah lelah.

"Kami bermain bagus, masalahnya adalah cara kami berlari. Kami tidak suka permainan terbuka, bek cepat lelah dan harus mengejar di lapangan yang tidak disukai," lanjutnya.

"Kami terjebak dalam permainan dengan fitur yang tidak disenangi, dan saat merasa santai, anda bisa melihat kekurangan kami," tandasnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar: Promosi Pariwisata Sulawesi Tengah Dihentikan Sementara

Posted: 28 Sep 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menghentikan sementara semua aktivitas promosi dan pemasaran lokasi yang terkena dampak gempa di Sulawesi Tengah. Hal ini disampaikan oleh Ketua Tim Crisis Center Kemenpar Guntur Sakti.

"Sampai saat ini kami masih memantau kondisi wisatawan dan ekosistem pariwisata di lokasi terdampak," ujar Guntur kepada Antara, Sabtu (29/9/2018).

Pihak Kemenpar sendiri saat ini masih memantau laporan dan informasi dari BMKG dan BNPB pusat dan daerah serta menggunakan seluruh kanal media dan instrumen media monitoring terkait kondisi terkini Palu dan Donggala.

"Fokus TCC Kemenpar memang tidak jauh-jauh dari customers utamanya, wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara. Karena itu, yang dicek pertama ketika terjadi bencana adalah fasilitas publik pendukung pergerakan wisman, yakni akses," papar Guntur.

Kemenpar juga menghentikan segala bentuk promosi di destinasi yang terkena dampak gempa, serta berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Daerah untuk pelayanan wisatawan dan memantau akses, atraksi, amenitas (A3) terdampak.

"Tim Crisis Center juga berkoordinasi dengan jajaran Asisten Deputi di Kemenpar yang membawahi Regional Sulteng, baik destinasi maupun pemasaran," lanjut Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar ini.

Kondisi Palu Terkini

Korban gempa bumi di Donggala, Sulteng, diduga mencapai ratusan jiwa. Berdasarkan pantauan wartawan Antara, mereka masih belum dievakuasi dari sejumlah gedung yang ambruk.

Kepala LKBN Antara Biro Sulawesi Tengah Rolex Malaha ketika dihubungi via telepon melaporkan bahwa pusat perbelanjaan atau mal terbesar di Kota Palu, Mal Tatura di Jalan Emy Saelan, misalnya, ambruk dan masih ada puluhan hingga seratusan orang yang terjebak di dalam pusat perbelanjaan empat lantai itu.

Menurut salah seorang pegawai mal yang ditemui, para korban yang terjebak di dalam sebagian itu belum dievakuasi. Sementara di Rumah Sakit Budi Agung Palu di Jalan Maluku terdapat 14 jenazah yang dibawa dari Mal Tatura berada di rumah sakit itu.

Sedangkan seratusan orang yang terluka seperti patah kaki dan luka-luka lainnya masih berada di halaman rumah sakit dan sebagian ruang pasien tetapi belum ditangani secara medis karena belum ada dokter.

Hotel Roa-Roa berlantai delapan yang berada di Jalan Pattimura juga rata dengan tanah. Di hotel yang memiliki 80 kamar itu terdapat 76 kamar yang terisi oleh tamu hotel yang menginap.

Menurut sejumlah orang yang ditemui di hotel yang roboh itu, banyak korban yang masih berada dalam reruntuhan gedung hotel.

Reporter: Melissa Octavianti

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selektif di Dunia Modeling, Kendall Jenner Jadi Bulan-Bulanan Publik

Posted: 28 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Saat ini Kendall Jenner merupakan model yang punya bayaran tertinggi versi majalah Forbes. Melalui modeling, Kendall mendapatkan US$22 juta (Rp 327,5 miliar) per tahun lalu. Meskipun, ia tampak selektif dalam menerima proyek modeling. Tahun ini saja Kendall melewatkan seluruh rangkaian New York Fashion Week dan hanya mengikuti beberapa gelaran di Milan dan Paris.

Bukan sekadar bayaran fantastisnya yang menjadi bahan pembicaraan. Melainkan juga pernyataan kontroversialnya tentang dunia modeling. Dalam wawancaranya dengan majalah LOVE, Kendall Jenner mengaku bukan tipe model yang mengambil puluhan peragaan busana dalam Fashion Week. Ia harus selektif karena pekerjaannya tak hanya modeling.

Komentar ini mengundang banyak reaksi dari para model. Mulai dari model amatir hingga super model legendaris, Naomi Campbell. Sang model senior memiliki tanggapan yang ia utarakan dalam sebuah talkshow bersama Andy Cohen.

Sang presenter memberi pertanyaan ini saat acara berlangsung. "Kendall Jenner adalah model dengan bayaran tertinggi, namun mengaku amat pemilih pada pekerjaanya dan tak akan melakukan 30 fashion show dalam satu musim, tanggapanmu?" tanya Andy pada Naomi.

Kurang Nyaman

Rambut lurusnya yang menjuntai dan kulitnya yang eksotis membuat aura seksi Naomi Campbell sangat terpancar. Terlebih ia memakai dress hitam tanpa lengan yang pastinya membuat Naomi semakin seksi. (AFP/Daniel LEAL-OLIVAS )

Dengan ekspresi wajah yang tak enak dan kurang nyaman, supermodel era 90-an ini memberi jawabannya. "Selanjutnya!" jawab Naomi singkat dan tegas. Nampaknya sang legenda modeling tak ingin sangkut dengan drama keluarga Kardashian-Jenner.

Menampik

Berbeda dengan kakak-kakaknya, Kendall Jenner ingin meresmikan hubungannya. (AP Photo)

Kendall sendiri telah menampik wawancaranya dengan majalah tersebut. Menurut anak Bruce dan Kris Jenner ini, wawancara yang diterbitkan telah 'dibumbui'. Ia juga mengaku banyak belajar kerja keras dan dedikasi dari dunia modeling.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Jumpa Juventus, Ancelotti Puji Ronaldo Setinggi Langit

Posted: 28 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti memberikan pujian setinggi langit untuk Cristiano Ronaldo jelang tim asuhannya tandang ke markas Juventus malam nanti. Ancelotti mengatakan, Ronaldo sudah seharusnya selalu memenangkan trofi Ballon d'Or.

Itu karena, kata dia, Ronaldososok yang selalu memberikan terbaik di lapangan dan selalu jadi penentu.

Ancelotti cukup dekat dengan Ronaldo semasa masih menangani Real Madrid. Dia mendukung Ronaldo kembali meraih penghargaan individu tertinggi di dunia sepak bola tersebut.

Adapun dalam 10 tahun terakhir, Ronaldo bersaing dengan Lionel Messi merebut Ballon d'Or. Keduanya sama-sama mengoleksi lima trofi, persaingan sesungguhnya baru dimulai.

Meski beberapa waktu lalu Luka Modric memenangkan penghargaan FIFA Best Men's Player, Ancelotti tetap mendukung Ronaldo untuk Ballon d'Or.

 

 

Menangkan Ballon d'Or

Cristiano Ronaldo berhasil mencetak dua gol saat Juventus menang 2-1 atas Sassuolo pada laga pekan keempat Serie A di Allianz Stadium, Minggu (16/9/2018) malam WIB. (AFP/Miguel Medina)

Ancelotti merasa bersyukur dengan keberadaan Ronaldo di timnya saat masih menangani Madrid. Ancelotti banyak terbantu dengan kehebatan Ronaldo yang rajin mencetak gol di partai Liga Champions.

"Saya selalu bersyukur untuk Ronaldo, terlepas dari gol-gol yang dia buat untuk menjuarai Liga Champions (di Madrid)," ujar Ancelotti di fourfourtwo.

"Saya senang melihat dia bermain di Italia sekarang, dia adalah tambahan nilai untuk setiap tim, saya pikir dia harus selalu memenangkan Ballon d'Or."

Lawan Juventus

Ancelotti dan Napoli saat ini tengah bersiap melawang Ronaldo dan Juventus di laga lanjutan Serie A, Sabtu (29/9) malam WIB nanti. Ancelotti menegaskan pertandingan ini adalah soal dua tim, yakni Juventus dan Napoli, bukan soal pemain terbaik di masing-masing tim.

"Tidak ada lagi rahasia di dunia sepak bola berkat adanya TV dan video. (Massimiliano) Allegri adalah pelatih yang hebat. Saya menjalin hubungan yang sangat baik dengan dia. Ini adalah laga Juve vs Napoli, bukan Ronaldo vs Insigne. Siapa pun yang memainkan sepak bola lebih baik akan menang."

"Kami tak bisa mendapat lebih dari tiga poin, tetapi kami sadar kemenangan akan membuat kami sangat percaya diri. Kami ingin bersaing hingga akhir musim dan pertandingan seperti ini sangatlah penting," katanya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Delevigne Kembali ke Runway Setelah Jalani Pengobatan Mental

Posted: 28 Sep 2018 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Cara Delevigne sudah agak jarang tampil di runway. Namun di Paris Fashion Week 2018, Cara Delevigne kembali ujuk gigi di pertunjukan koleksi Musim Semi 2019 oleh Balmain. Nampaknya, Cara Delevigne begitu menikmati penampilannya di pertunjukkan tersebut.

Ia tampil dengan gaya yang lebih maskulin. Sambil berjalan di atas runway, Cara malah asyik menggerakkan bibir. Sepertinya ia sedang menyanyikan sesuatu. Kira-kira apa ya?

Mengenakan setelan jas putih berbahan silk dengan potongan bahu yang tegas, Cara menggerakkan bibirnya dengan menyanyikan lagi "When Doves Cry". Setelan jas putih Cara Delevigne memiliki potongan mirip juga yang dipadukan dengan celana panjang berpinggang tinggi dan atasan bra futuristik. Bra ini merupakan hasil inspirasi dari koleksi di tahun 1980-an.

 

Juga jadi penutup

Tak hanya sebagai pembuka. Cara Delevigne juga dipercaya untuk menutup pertunjukkan dengan busana hitam putih. Parade model menutup sesi pertunjukkan dan Cara Delevigne berjalan paling akhir bersama direktur kreatif Balmain, Olivier Roustering.

Bukan lagi dengan setelan jas putih. Cara justru tampil lebih santai dengan atasan turtleneck lengan pendek berwarna putih dan celana beraksen layer berwarna hitam. Sebagai pelengkap, ikat pinggang berwarna putih tampil begitu mentereng.

 

Kembali setelah sembuh dari pengobatan mental

 
 
 
View this post on Instagram

THIS IS WHAT #BALMAINSS19 SOUNDS LIKE With #CaraDelevingne 📹 @spritzmovie Watch the runway show on IG LIVE. #BALMAINARMY #PFW

A post shared by BALMAIN (@balmain) on

Kembalinya Cara di runway pertunjukkan busana memang cukup mengejutkan. Sebab, ia dikatakan akan rehat dari industri fashion sejenak untuk fokus pada kesehatan mentalnya. Dunia permodelan membuat Cara begitu depresi sehingga membuatnya butuh pengobatan mental yang intensif.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rentetan Gempa Kembali Terjadi di Sulteng Hingga Pagi Ini

Posted: 28 Sep 2018 08:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pascagempa bermagnitudo 7,4 mengguncang wilayah Palu dan Donggala pada Jumat 28 September 2018 pukul 17.02 WIB, gempa susulan masih terus terjadi di Sulawesi hingga pagi ini.

Gempa magnitudo 5,4 guncang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah Sabtu (29/9/2018) pukul 09.32 WIB. Informasi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter resmi @infoBMKG.

Sebelumnya, BMKG juga menginformasikan beberapa gempa susulan yang terjadi setelah gempa 7,4 M yang menghantam Donggala, Sulawesi Tengah. Gempa susulan yang terjadi berkisar di angka 3,8 M hingga 5,8 M di wilayah Donggala, Sigi, Palu (Sulawesi Tengah) hingga Ambon, Sulawesi Utara.

Gempa susulan tersebut memiliki kedalaman 10-11 kilometer. Sejauh ini seluruh gempa susulan yang terjadi tidak berpotensi tsunami. BMKG juga telah mencabut peringatan dini Tsunami, Jumat 28 September 2018 pukul 17.50 WIB.

Reporter: Melissa Octavianti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upsus Siwab Berhasil Menambah Populasi Sapi Hingga 2 Juta Ekor

Posted: 28 Sep 2018 08:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jawa Tengah, Senyum-senyum bahagia dan bangga nampak terlihat dari para peternak yang sedang memamerkan pedet-pedet hasil Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Semboyan "Sapiku Meteng, Atiku Ayem" itu benar-benar terpancar dari wajah para peternak sapi potong yang ikut acara Gebyar Upsus Siwab dan Gelar Potensi Peternakan yang dilaksanakan di Kabupaten Batang, Jawa Tengah pada Jumat (28/09).

Direktur Peternakan dan Kesehatan Hewan Dirjen PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarmita yang hadir pada acara tersebut, ikut berbangga melihat sapi-sapi hasil program inisiatif Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman sejak Oktober 2016 itu membuahkan hasil nyata. Pedet-pedet hasil inseminasi buatan (IB) yang digratiskan kepada para peternak itu kini telah menjadi harapan baru untuk menuju kemandirian sapi nasional.

Kinerja nasional Upsus Siwab tercatat dari data yang sudah masuk dalam sistem iSIKHNAS (Sistem Informasi Kesehatan Hewan Terintegrasi) telah mencapai angka yang menggembirakan. Angka kelahiran pada Upsus Siwab tahun 2017 tercatat sebanyak 911 ribu ekor, sedangkan tahun 2018 (per 24 September 2018) tercatat sudah sebanyak 1,18 juta ekor pedet yang lahir. "Sejak pelaksanaan Upsus Siwab tahun 2017 hingga saat ini sudah lahir 2 juta ekor lebih pedet dari indukan sapi milik peternak," kata I Ketut.

I Ketut menyatakan, enam bulan kedepan, diprediksi pedet yang lahir akan mencapai 3,5 juta ekor lahir. Prediksi ini berdasarkan catatan saat ini, sapi yang bunting ada sebanyak 1.465.885 ekor. "Ini artinya telah terjadi loncatan populasi luar biasa melalui program Upsus Siwab," terangnya.

I Ketut mengungkapkan, bahwa selain untuk mempercepat peningkatan populasi sapi di dalam negeri, Ia berharap Upsus Siwab juga mampu meningkatkan kualitas sumber daya genetik ternak sapi. "Kita dapat lihat pedet-pedet milik peternak yang ditampilkan di sini, bagus-bagus dan sehat," ungkap I Ketut.

Capaian IB Provinsi Jawa Tengah 2018 ini sudah mencapai 603.947 atau 100,66% dari 600 ribu yang ditargetkan. Untuk kebuntingan dari pelayanan pemeriksaan kebuntingan (PKp) sebanyak 221.939 ekor dan saat ini sudah ada sebanyak 162.357 ekor yang bunting dan sebanyak 109.895 ekor yang dilaporkan lahir. Namun menurutnya, masih ada beberapa sapi yang bunting dan lahir namun belum dilaporkan.

"Saya berharap seluruh kegiatan Upsus Siwab baik pelayanan IB, PKb, maupun kelahiran selalu dilaporkan dalam sistem iSIKHNAS, karena pelaporan ini sangat penting untuk pencatatan (recording) dan penelusuran adanya penambahan populasi dari kelahiran pedet-pedet tersebut. Sehingga keberhasilan dari dampak Program Upsus Siwab ini dapat terukur," imbaunya.

I Ketut punya keyakinan dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas capaian kinerja Upsus Siwab nasional sampai dengan akhir tahun dapat tercapai. Ia pun menyampaikan apresiasi kinerja petugas Inseminator, Petugas PKb, dan Dokter Hewan, serta Pelayanan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Upsus Siwab.

"Mereka itu sebagai ujung tombak keberhasilan di lapangan, tanpa kerja keras dari mereka program ini tidak akan berhasil. Ditjen PKH tengah mempersiapkan penghargaan kepada petugas dan Dinas terbaik yang dinilai berdasarkan data pelaporan yang masuk dalam iSIKHNAS," tandas I Ketut.

Pada kesempatan yang sama, Wihaji Bupati Batang menyampaikan kegiatan Gebyar Siwab dan Gelar Potensi Peternakan di Kabupaten Batang ini menunjukkan betapa besarnya potensi pengembangan peternakan di Propinsi Jateng. Hal ini juga menunjukkan betapa besarnya antusiasme Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Peternakan yang lebih maju dalam mensejahterakan Peternak di masa mendatang.

"Peternak di Batang pada umumnya mempunyai semangat yang tinggi dalam beternak karena ternak sebagai tabungan (rojo koyo) bagi mereka, sehingga dengan adanya dukungan dari pemerintah diharapkan dapat dapat mengembangkan potensi yang dimiliki," ungkapnya.

Sementara itu, Agus Wariyanto Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah menyampaikan bahwa Jawa Tengah tahun lalu telah meraih juara 1 tingkat nasional dalam pelaksaan Upsus Siwab. Selain itu, Jawa Tengah juga merupakan sentra populasi sapi potong terbesar di peringkat ke dua tingkat nasional setelah Jawa Timur. "Melalui program Upsus Siwab diharapkan tahun ini akan lebih meningkat lagi populasi sapi potong di Jawa Tengah," tukasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi West Ham United Vs MU: Dibayangi Konflik Mourinho-Pogba

Posted: 28 Sep 2018 08:15 PM PDT

London - Manchester United (MU) bertandang ke markas West Ham United di pekan ketujuh Premier League, di London Stadium, London, Sabtu (29/9/2018). Duel ini bakal dibayangi oleh perpecahan pemain dengan manajer.

Jose Mourinho dan Paul Pogba tertangkap kamera berselisih pada sesi latihan tim, Rabu (26/9/2018). Perang kata-kata itu terjadi di depan para pemain MU.

Hal tersebut menimbulkan speskulasi hubungan dua orang tersebut semakin renggang. Apalagi, Mourinho telah memberikan pernyataan tidak akan menjadikan Pogba sebagai wakil kapten tim pada laga-laga berikutnya.

Mourinho melakukan hal tersebut karena kecewa dengan sikap Pogba. Pemain asal Prancis itu mengeluh dan mengkritik cara bermain timnya.

Di tengah gejolak itu, Mourinho melakukan pembelaan. Dia merasa tidak memiliki masalah dengan Pogba.

"Tidak ada pemain yang berlatih sebaik Pogba pada Selasa, Rabu, Kamis, dan Jumat ini. Tim butuh pemain hebat. Dia adalah pemain hebat yang dibutuhkan tim. Tentu saja, Pogba akan bermain (melawan West Ham United)," kata Mourinho.

Manchester United harus menyelesaikan masalah internal tim. Jika tidak, West Ham United bisa menyulitkan The Red Devils, seperti halnya Wolverhampton Wanderers dan Derby County yang bisa mengimbangi pasukan Mourinho.

Ditambah, West Ham United sedang dalam kepercayaan diri tinggi karena belum menelan kekalahan dalam tiga laga terakhir di berbagai ajang. Bahkan, The Hammers memukul Macclesfield, 8-0, pada laga terakhir di Piala Liga Inggris.

"Kami percaya diri dalam persiapan menghadapi Manchester United di London. Kami mengalami kemajuan dan butuh kemenangan kandang pertama pada pentas Premier League," ujar manajer Manuel Pellegrini.

Saat ini, MU menempati peringkat ketujuh dengan raihan 10 poin dari enam pertandingan. Adapun West Ham United terpuruk di urutan ke-17 dengan mengemas empat poin.

 

Head to head

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho mengintruksikan pemainnya saat bertanding melawan Watford pada lanjutan Liga Inggris di stadion Vicarage Road, Inggris (15/9). MU menang tipis 2-1 atas Watford. (AP Photo/Frank Augstein)

Head to head

10/5/2018 - West Ham United 0-0 Manchester United (Premier League)

13/8/2017 - Manchester United 4-0 West Ham United (Premier League)

2/1/2017 - West Ham United 0-2 Manchester United (Premier League)

30/11/2016 - Manchester United 4-1 West Ham United (Piala Liga Inggris)

27/11/2016 - Manchester United 1-1 West Ham United (Premier League)

Lima pertandingan terakhir West Ham United

26/9/2018 - West Ham United 8-0 Macclesfield (Piala Liga Inggris)

23/9/2018 - West Ham United 0-0 Chelsea (Premier League)

16/9/2018 - Everton 1-3 West Ham United (Premier League)

1/9/2018 - West Ham United 0-1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)

28/8/2018 - AFC Wimbledon 1-3 West Ham United (Piala Liga Inggris)

Lima pertandingan terakhir Manchester United

25/9/2018 - Manchester United 2-2 Derby County (Piala Liga Inggris)

22/9/2018 - Manchester United 1-1 Wolverhampton Wanderers (Premier League)

19/9/2018 - Young Boys 0-3 Manchester United (Liga Champions)

15/9/2018 - Watford 1-2 Manchester United (Premier League)

2/9/2018 - Burnley 0-2 Manchester United (Premier League)

Prediksi

West Ham United 45-55 Manchester United

Perkiraan susunan pemain

West Ham United: Lukasz Fabianski; Pablo Zabaleta, Fabian Balbuena, Issa Diop, Artur Masuaku; Mark Noble, Declan Rice, Pedro Obiang; Andriy Yarmolenko, Marko Arnautovic, Felipe Anderson

Manajer: Manuel Pellegrini

Manchester United: David de Gea; Antonio Valencia, Chris Smalling, Victor Lindelof, Ashley Young; Paul Pogba, Marouane Fellaini, Nemanja Matic; Jesse Lingard, Romelu Lukaku, Alexis Sanchez

Manajer: Jose Mourinho

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Toyota Patenkan Desain Mobil Terbang, Seperti Apa Wujudnya?

Posted: 28 Sep 2018 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Engineering and Manufacturing America (TEMA) mendaftarkan paten dari desain mobil terbang mereka. Mengutip dari Autoguide.com, menariknya model ini adalah kendaraan dual-mode.

Berdasarkan desain paten yang beredar, kendaraan ini mulanya hanyalah mobil biasa. Saat dibutuhkan untuk terbang, keempat rodanya akan terangkat dan seketika berubah menjadi baling-baling.

Keempat roda mobil terbang Toyota itu memiliki motor listriknya masing-masing. Dayanya bisa berasal dari banyak sumber, seperti baterai, generator turbin gas, hidrogen, dan berbagai bahan bakar ramah lingkungan lainnya.

Karena roda depannya tak bisa digerakkan ke kanan dan kiri, cara menikung kendaraan ini cukup unik. Layaknya tank, kecepatan roda akan berbeda saat akan berbelok.

Sebelumnya, Geely, pabrikan asal Cina, juga pernah memperkenalkan konsep mobil terbangnya yang bernama Terrafugia. Berbeda dengan milik Toyota, mobil konsep yang dirilis tahun 2015 itu memiliki roda dan baling-baling yang tidak terintegrasi.

Sumber: Otosia.com

 

 

Desain mobil terbang Toyota (Autoguide)

Mau Beli Mobil Terbang, Siapkan Dana Rp 5,5 Miliar

Mobil terbang PAL-V Liberty versi produksi (Carscoops).

Geneva Motor Show tidak saja diperuntukkan bagi mobil nirsopir, mobil listrik, supercar, dan mobil 'biasa' lainnya. Bersiaplah, Anda juga bisa memiliki sebuah mobil terbang.

Dilansir Carscoops, mobil terbang bernama Pal-V Liberty merupakan kendaraan roda tiga yang bisa berubah menjadi gyroplane/gyrocopter dalam waktu 10 menit.

 

 

 

Spesifikasi detail belum diungkap oleh pabrikan, namun mobil terbang tersebut dipastikan menggunakan dua mesin pesawat Rotax dan dirancang ulang agar bisa digunakan di darat maupun udara sesuai dengan standar Eropa dan US.

Setelah dipamerkan di Geneva, mobil terbang ini tinggal melewati proses sertifikasi dan pengujian. Diharapkan, proses tersebut akan selesai tahun depan.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki mobil terbang bersiap untuk merogoh kocek yang cukup dalam. Pasalnya model entry level Pal-V Liberty dibanderol $399.000 (setara Rp 5,5 miliar). Tertarik untuk membelah kemacetan Jakarta bersama Pal-V Liberty?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasokan Jagung 2018 Dipastikan Aman Hingga Akhir Tahun

Posted: 28 Sep 2018 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Direktur Serealia, Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Bambang Sugiharto menyatakan bahwa berdasarkan Data Badan Pusat Statistik (BPS) disimpulkan produksi dan pasokan jagung tahun 2018 surplus sebesar 12 juta ton pipilan kering (PK).

Perhitungan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menyimpulkan realisasi luas tanam bulan Juni-September 2018 mencapai seluas 1.318.284 hektare, dengan perkiraan panen bulan September-Desember seluas 1.263.170 hektare. Dari perhitungan tersebut, diprakirakan produksi yang dihasilkan sebesar 7,18 juta ton PK. Dari sisi konsumsi, diperkirakan pada bulan tersebut kebutuhannya mencapai 5,13 juta ton PK yang terdiri untuk konsumsi langsung, industri pakan, peternak layer, industri pangan lainnya dan produksi benih.

"Artinya dari hitungan itu saja, kita masih ada surplus 2,05 juta ton PK di periode bulan September-Desember. Kondisi tersebut menunjukkan suplai jagung akan tetap aman sampai akhir tahun," tegas kata Bambang saat diwanwancara di kantornya pada Jumat (28/09).

Bambang mengatakan bahwa pemantauan di lapangan posisi panen besar sudah mulai terjadi di berbagai daerah antara lain Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Gorontalo. Bahkan, survey bersama tim satgas pangan dengan tim Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan pada awal September menunjukkan panen sudah mulai terjadi besar-besaran di Kabupaten Bantaeng dan Jeneponto.

Panen di Sulsel diperkirakan akan mencapai 25.000 hektare di bulan September ini. Total produksi September di Sulsel diperkirakan mencapai 87.000 ton. Sedangkan di Jawa Timur Oktober-November panen jagung diperkirakan akan mencapai berturut turut 79.000 ha dan 111.000 ha. Total produksi Jawa Timur di dua bulan ke depan diperkirakan akan mencapai 320 ribu ton dan 699.000 ton.

Menurut perhitungan Kementan, dari data SP BPS-Percepatan Penyediaan Data (PPD) yang di update setiap bulan, periode September-Oktober, dipredikasikan akan ada panen seluas 540 ribu hektare. Panen jagung di bulan September tersebar di beberapa wilayah sentra seperti Tuban, Sumbawa, Janeponto dan Bantaeng.

Sebenarnya panen dan produksi jagung berlangsung sepanjang tahun. Siklus tahunan produksi jagung menunjukkan bahwa puncak panen utama terjadi pada bulan Februari-April, puncak panen ke dua pada Juli-Agustus dan puncak panen ke tiga pada Oktober-Desember awal. "Pemantauan tim dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan menunjukkan panen jagung akan meluas lagi pada bulan Oktober hingga awal Desember. Periode ini merupakan puncak panen ke 3 dalam tahun ini," ungkap Bambang. "Pengamatan kita selama ini juga menggunakan drone sehingga benar-benar dapat terpetakan secara utuh sebaran luas pertanaman jagung", ungkap Bambang lebih lanjut.

Besarnya produksi jagung ini juga didorong oleh pengalokasian 2,8 juta hektare benih jagung premium telah. Sampai Bulan Agustus pertanaman jagung sudah mencapai 3,02 juta hektare, dimana 16,61% diantaranya adalah program bantuan Kementan. "Kekeringan yang terjadi saat ini juga tidak menjadi kendala pada pertanaman jagung, karena konsentrasi penanaman saat ini pada lahan-lahan bekas sawah yang masih memiliki kelembaban cukup untuk ditanam jagung," tambah Bambang.

Menjembatani Disparitas Harga

Harga jagung di lapangan juga tidak sebesar yang banyak diberitakan. Berdasarkan informasi dari Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Tanaman Pangan (PPHTP) Gatut Sumbogodjati, pada Bulan September harga jagung hanya sekitar Rp3.691 bahkan 3 bulan yang lalu harga jagung sempat turun di Provinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara hingga Rp2.887.

Bambang meyakini bahwa harga jagung yang dinilai meningkat di akhir-akhir ini dinilai bukan karena kekurangan stok. Karena dari harga di tingkat petani tersebut, ditambahkan dengan biaya processing dan penyusutan bobot akibat pengeringan sebesar 15 persen maka harga jagung di pengguna akhir tidak lebih dari Rp 4.250 per kg. Hal ini menunjukkan disparitas harga di petani dan di industri yang menjadi indikasi diperlukannya pembenahan rantai pasok jagung.

"Persoalan jagung bukan hanya masalah produksi. Kenapa pada saat harga tinggi banyak yang komplain masalah produksi. Padahal jelas-jelas data menunjukkan produksi kita surplus", tegas Bambang. "Jadi yang harus kita garisbawahi adalah persoalan konektivitas sentra produksi ke pengguna jagung yang memusat di beberapa provinsi saja", tambah Bambang.

Untuk mengatasi hal tersebut, Kementan berinisiatif menyediakan 1.000 alat pengering (dryer) untuk pengolahan pascapanen, agar jagung bisa disimpan dan ditransportasikan dengan baik sehingga bisa meminimalisir terjadinya disparitas harga. Di Indonesia kapasitas pengeringan industri pakan masih rendah karena sebagian masih belum memiliki dryer atau ruang penyimpanan yang cukup besar.

Bambang mengapresiasi pengusaha yang saat ini bergerak di segmen tengah yang menghubungkan petani produsen dengan end user. Ada sejumlah perusahaan seperti PT. Seger Agro Nusantara, PT. Harim, PT. Bumi Universal yang menjadi simpul utama dalam supply chain rantai pasok jagung. Pemerintah berharap akan banyak lagi pengusaha yang bergerak di segmen tengah ini karena sangat menolong dalam memproses dan mengalirkan jagung dari petani hingga pengguna akhir karena mampu meningkatkan daya serap jagung dari petani.

"Ke depan kita berharap pengguna jagung seperti industri pakan berinvestasi untuk meningkatkan kapasitas dryer dan storagenya dua sampai tiga kali dari kapasitas yang terpasang sekarang. Sehingga industry pakan bisa menyimpan jagung hingga untuk kebutuhan 6 bulan. Dengan cara demikian selain diperoleh jaminan suplai juga bisa dicapai stabilisasi harga antara off season dan peak season," beber Bambang.

Kementerian Pertanian akan senantiasa membantu industri pakan atau pengguna lainnya yang kesulitan mencari jagung. Pengguna yang kesulitan mendapatkan jagung dapat langsung berkomunikasi dengan Direktorat Serealia Kementan. Dalam jangka panjang, Kementan menyatakan siap mendampingi terbentuknya kemitraan Business to Business antara industri pakan dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) sehingga industri mendapat jagung sesuai spesifikasi yang diinginkan dan pasokan jagungnya terjamin.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah Pastikan Bantuan Bencana Gempa Palu dan Donggala Terkirim

Posted: 28 Sep 2018 08:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memastikan bantuan tanggap darurat bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sudah mulai dikirim sejak Sabtu dinihari.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (29/9/2018), usai rapat selama dua jam di kantornya, Menkopolhukam Wiranto menyatakan, pemerintah akan berupaya maksimal memberikan bantuan. Termasuk di antaranya menggerakan TNI-Polri dan relawan dari wilayah yang terdekat.

Armada TNI Angkatan Laut juga dikirimkan untuk segera bersandar di pelabuhan di lokasi bencana untuk membawa bantuan. Kini pemerintah terus berkomunikasi terkait tanggap darurat bencana ini, mengingat luasnya wilayah terdampak gempa dan tsunami.

Wiranto juga meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk mengirimkan satu unit halikopter ke Bandara Palu untuk membawa alat navigasi.  Guna membantu pesawat-pesawat pembawa bantuan logistik bagi korban gempa dan tsunami.

Sementara itu, Kementerian Sosial siap menyalurkan bantuan 100 ton beras dan bantuan lainnya untuk korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Menurut Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan persnya Jumat malam kemarin, bantuan akan langsung disalurkan jika Wali Kota Palu dan Bupati Donggala segera menerbitkan surat keputusan tanggap darurat.

Kementerian Sosial juga sudah berkoordinasi dengan TNI untuk penyaluran bantuan tanggap darurat bagi korban gempa di Donggala dan Palu. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Nomor Telepon yang Bisa Dihubungi untuk Cari Keberadaan Keluarga Korban Gempa Palu

Posted: 28 Sep 2018 08:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia telah membagi beberapa nomor telepon yang dapat dihubungi masyarakat pascatsunami yang terjadi di Palu.

Informasi ini disebarkan melalui akun Twitter resmi @Kemenkumham__RI pada Sabtu (29/9/2018).

Beberapa kontak yang dapat dihubungi masyarakat antara lain:

+62451481110 (KANTOR SAR PALU)

+6282291999669 SAYUDI (SAR PALU)

+6285145000022 ASRUL ARIMAN (SAR PALU)

+6285299267110 AHMAD IRVAN (KOMUNIKASI PALU)

Masyarakat dapat menghubungi beberapa nomor kontak di atas untuk mencari tahu kondisi sanak keluarga yang berada di Sulawesi Tengah.

Hingga saat ini, jaringan telekomunikasi di daerah Donggala, Palu dan sekitarnya tidak dapat beroperasi akibat aliran listrik yang terputus pasca gempa. Kementerian Komunikasi dan Informasi pun telah mengirimkan 30 unit telepon satelit melalui Badan Aksesbilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI).

"Menteri Kominfo Rudiantara telah menugaskan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit guna mendukung koordinasi penanganan bencana di Donggala dan sekitarnya," kata Ferdinandus Setu, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo.

Reporter: Melissa Octavianti

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lebih dari 500 BTS di Palu dan Donggala Tak Berfungsi

Posted: 28 Sep 2018 08:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pasca gempa 7,7 SR di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, jaringan telekomunikasi di sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasikan listrik PLN terputus. Berdasarkan informasi terbaru pemulihan bencana gempa hingga hari ini, pukul 05.00 WIB, lebih dari 500 BTS telekomunikasi seluler tidak bisa berfungsi.

"Update dari wilayah gempa, hingga pukul 05.00 pagi tadi, lebih dari 500 BTS telelomunikasi seluler tidak bisa berfungsi, antara lain karena terhentinya pasokan listrik dari PLN," tutur Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo, Ferdinandus Setu, dalam keterangan resminya, Sabtu (29/9/2018).

Selain itu, Kemkominfo dalam laporannya menyampaikan bahwa pagi ini pukul 07.00 WIB, tim Pemulihan Bencana Sulawesi Tengah di bawah pimpinan Kementerian Polhukam berangkat menuju Palu dengan menggunakan pesawat Hercules. Tim ini terdiri atas Bazarnas, BNPB, Kementerian Sosial, Kemkominfo, jurnalis.

Tim dari Badan Aksesibiltas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) Kemkominfo membawa 30 unit telepon satelit, yg akan digunakan untuk komunikasi bagi para petugas posko pemulihan bencana selama masa tanggap darurat pasca gempa. Tim BAKTI Kemkominfo akan bergabung bersama 25 Tim Kominfo Palu.

Kemkominfo juga akan segera siapkan perangkat internet satelit untuk memudahkan pengiriman informasi dan data pesca-bencana.

Pemerintah terus mengimbau masyarakat Sulawesi Tengah dan sekitarnya diminta tetap tenang dan waspada.

Kemkominfo Kirim 30 Telepon Satelit

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Kemkominfo mengirim 30 unit telepon satelit ke Donggala. Telepon satelit tersebut bakal didistribusikan pada Sabtu (29/9/2018).

Adapun maksud Kemkominfo mengirim 30 unit telepon satelit tak lain karena untuk memudahkan masalah gangguan komunikasi akibat gempa.

"Pasca gempa tektonik 7.7 SR terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah, pada pukul 17.02 WIB, jaringan telekomunikasi di Donggala dan sekitarnya tidak dapat beroperasi karena pasokan listrik PLN terputus," kata Plt Kabiro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu kepada Tekno Liputan6.com.

Ferdinandus mengungkap, hingga Jumat (28/9/2018) pukul 18.00 WIB, berdasarkan hasil pemantauan Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika, ada sekitar 276 BTS yang tidak bisa digunakan.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pantang Menyerah, Driver Ojol Wanita Ajak 2 Anaknya Saat Bekerja

Posted: 28 Sep 2018 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jagat jejaring sosial hingga kini tengah menyorot potret kisah pilu yang dialami seorang driver ojek online atau ojol. Selama bekerja, driver ojol wanita yang diketahui bernama Ode itu juga membawa kedua anaknya di motor.

Setiap harinya Ode bekerja sebagai sopir ojol yang mengantar barang milik pelanggannya. Sementara itu, kedua anaknya juga turut dibawa. Anak pertamanya tampak duduk di bagian depan jok. Sedangkan anak keduanya ia gendong sambil mengendarai motor.

Tentu kondisi tersebut membuat motornya penuh sesak, dibandingkan motor ojol lainnya. Selain motornya yang sesak, ia juga harus membawa barang bawaan pelanggannya.

Kisah pilu driver ojol itu pun viral di media sosial. Banyak warganet merasa terharu dan memberikan pujian atas perjuangan sopir ojol tersebut.

Seorang warganet dengan akun @glamelforfood bahkan menceritakan perjuangan driver ojol itu.

"MasyaAllah, pas ketemu ibu ini.. ibu ini sama sekali ga marah, masih ramah, masih semangat. Padahal saat itu anaknya ada yang lagi nangis, masyaAllah aku lihatnya netes!" tulis akun tersebut yang merasa terharu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Ditinggal suami

(Foto: dramaojol/instagram)

Beberapa pelanggan yang melihat perjuangan ibu itu pun ikut terharu, apalagi jika sampai anaknya menangis. Singkat cerita, pemilik akun @glamelforfood masih menceritakan kisah hidup Ode.

Ternyata Ode merupakan tulang punggung keluarga satu-satunya bagi kedua anaknya. "Suaminya sudah nikah lagi dan kasar ke anak-anaknya. Sampai detik ini anak-anaknya sudah tidak dapat nafkah dari mantan suaminya."

Alasan mengapa Ode tetap membawa anaknya sambil mengantar barang karena tak ada lagi orang yang bisa dititipkan menjaga kedua anaknya. Di samping itu, ia pernah menitipkan anaknya ke pengasuh, namun uangnya malah habis tak karuan dan anaknya telantar.

 
 
 
View this post on Instagram

(geser kesamping untuk lihat foto dan chatanku dengan mba era dan ibu gojek ini ya❤️) . . temen2, aku boleh cerita sedikit yah? jadi hari sabtu tgl 22 sept kemarin di JCC, kebetulan yang anter browniesku itu ibu ini. . . MasyaAllah ibunya baik banget yaAllah, sabar banget, ramah banget. knp bisa aku bilang kaya gitu? karna pas saat itu, aku salah nyebut pintu JCC aku bilang ketemu di pintu 9, taunya pintu yg aku datengin itu pintu 7, dan aku jalan kaki dari pintu 7 ke pintu 9 yang lumayan jauh( karna aku merasa ini salahku). pas sampe sana, ibunya ternyata udh jalan ke pintu 10 karna nyari aku ga ketemu. Terus aku tlf ibu ini, dan aku mau samperin aja ke pintu 10. . Tapi.. ibu ini gamau, dia lebih baik muterin tu JCC untuk kembali ke pintu 9 biar aku ga jalan kaki jauh lagi. fyi, ibu ini udh 2kali muterin JCC nyari pintu 9 buat ketemu aku😢 . . MasyaAllah, pas ketemu ibu ini.. ibu ini sama sekali ga marah, masih ramah, masih semangat. Padahal saat itu anaknya ada yang lagi nangis, masyaAllah aku lihatnya netes! Ngerasa malu sama diri sendiri kenapa tadi jalan sedikit aja ngeluh capek di dlm hati, gmn ibu ini yang panas2an buat mencukupi keluarga kecilnya😭 . . . setelah ibu ini menuju lokasi, aku langsung chat customersku mba @eragherisa aku langsung ngasih tau kondisi si ibu ini. Dan, alhamdulillahnya customersku orang baikk.... dia mau ajak ibu dan anak2 nya makan kfc😭yaAllah Alhamdulillah ibu gojek ini di kelilingin sm orang2 baik. . . . Singkat cerita, setelah ketemu ibu gojek ini aku kepikiran banget sm ibu ini. Mau kenal dan tau ttg ibu ini lebih jauh, sekalian mau izin share di medsos. Alhamdulillah aku masih ada kontaknya, dan aku chatan via WA sm ibu gojek ini. . . . Ternyata, ibu gojek ini tulang punggung keluarga, suaminya sdh nikah lagi dan ketaun kasar ke anak2nya. dan sampai detik ini anak2 nya sdh tdk dapat nafkah dari mantan suaminya. . . . Kenapa ibu ini sllu bawa anak2 nya? Karna ibu ini ga punya siapa2 lagi yg bisa dititipin anaknya. sempet sewa yang momong anak, tp malah uangnya habis gakaruan tp anaknya ga keurus sm yg momong ini. ( LANJUT DI COMMENT YA)

A post shared by MELT BROWNIE LESS SUGAR (@glamelforfood) on

Kisah perjuangan Ode yang bekerja keras untuk anaknya ditanggapi beragam respons warganet. Tak sedikit warganet berinisiatif untuk membantu Ode dengan penggalangan dana.

"Ya ampun bu, smg slalu diberi kesehatan ya bwt ibu & anak2nya," komentar Lenong.

"Pernah ketemu ibu ini di depan transmart cikokol..Ya Allah orang depok ternyata..," sahut Agus Sungkowo .

"Ya Tuhan...lindungi anak dan ibunya..beri mreka hidup yg lebig baik," tulis Rut Puspa.

"Mudah2an ibu ini di beri kesabaran & kelapangan rizki," tutur Muhammad Solichudin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden Venezuela Siap Terbuka dengan Investigasi Komisaris HAM PBB

Posted: 28 Sep 2018 08:03 PM PDT

Liputan6.com, New York - Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengatakan pada Kamis 27 September, bahwa ia akan menerima dengan senang hati kunjungan Komisaris Tinggi Dewan Hak Asasi Manusia PBB, Michelle Bachelet, ke negara kaya minyak di Amerika Selatan itu.

Presiden Maduro mengatakan sikap terbuka tersebut setelah Bachelet mendesak Caracas mengizinkan penyelidikan internasional atas kondisi hak asasi di Venezuela, demikian sebagaimana dikutip dari VOA Indonesia pada Jumat (28/9/2018).

Saat ini, Venezuela sedang bergelut menghadapi krisis politik dan ekonomi, yang membuat jutaan rakyatnya terlantar akibat beban biaya hidup yang semakin tidak terjangkau.

Kondisi tersebut menjadi sorotan Majelis Umum PBB pekan ini, khususnya tentang rekam jejak sang presiden di bidang hak asasi manusia.

Sebelumnya, pada Rabu 26 September, lima negara Amerika Selatan bersama Kanada meminta Mahkamah Internasional (ICC) menyelidiki pemerintahan Maduro atas tuduhan kejahatan terhadap kemanusiaan, karena menggunakan kekerasan dalam menumpas lawan-lawan politiknya.

Presiden Maduro menolak kritik terhadap pemerintahnya di Venezuela. Ia menuding hal tersebut sebagai upaya propaganda, untuk memusuhi dan menyiapkan kemungkinan intervensi asing terhadap negara yang dipimpinnya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

vidio:Wanita Ini Mendapat Rumah Karena Melempar Mangga pada Presiden

Datang Mendadak ke Sidang Umum PBB

Presiden Venezuela Nicolas Maduro hadir secara mendadak di Sidang Umum PBB di New York, Rabu, 25 September 2018 (AP/Frank Franklin II)

Sebelumnya, Presiden Nicolas Maduro muncul secara tidak terduga di Sidang Umum PBB pada Rabu 26 September. Dia "menyampaikan pembelaan" terhadap tuduhan kejahatan kemanusiaan, yang membuat Presiden AS Donald Trump mengisyaratkan tindakan militer.

Kunjungan mengejutkan itu terjadi setelah Maduro mengancam akan melewatkan agenda Sidang Umum PBB. Dia khawatir bisa dibunuh karena negara kaya minyak tersebut dilanda krisis ekonomi yang brutal, hingga memicu tekanan internasional agar dirinya mundur dari kursi kepresidenan.

Dalam pidato yang sebagian besar mengkritik kebijakan AS, Presiden Maduro berbicara melebihi waktu yang ditentukan.

Dikutip dari Time.com, pemimpin Venezuela itu mengatakan bahwa AS "ingin terus memberikan perintah kepada dunia seolah-olah itu adalah miliknya sendiri."

"Dari pidato ini, sebuah ancaman dikeluarkan kemarin kepada pemerintah dunia bahwa perintah dan kebijakan AS harus diikuti, atau negara-negara lain akan menderita akibatnya," kata Maduro.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Setelah Gempa dan Tsunami Melanda Palu

Posted: 28 Sep 2018 08:01 PM PDT

Seorang pria mengambil gambar kendaraan yang rusak akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Seorang pria mengambil gambar kendaraan yang rusak akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Sejumlah warga memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Sejumlah warga memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Orang-orang berjalan melewati mayat (penutup biru) setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Orang-orang berjalan melewati mayat (penutup biru) setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Sebuah masjid mengalami kerusakan berat akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Sebuah masjid mengalami kerusakan berat akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Seorang pria memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Seorang pria memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa 5,9 Skala Richter di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Sebuah bangunan pusat perbelanjaan yang roboh akibat gempa 5,9 Skala Richter di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Sebuah mobil yang tersapu oleh tsunami terlihat terjebak di bawah bangunan yang rusak di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (Dede Budiyarto via AP)

Sebuah mobil yang tersapu oleh tsunami terlihat terjebak di bawah bangunan yang rusak di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (Dede Budiyarto via AP)

Warga mengevakuasi kantong jenazah berisi jasad korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo)

Warga mengevakuasi kantong jenazah berisi jasad korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tumpukan Batu Bata Raksasa Ditemukan, Benteng Kuno Cilacap?

Posted: 28 Sep 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Cilacap - Akhir-akhir ini warga Kalikudi Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, heboh usai ditemukannya puluhan batu bata raksasa di sawah seorang penduduk. Ada dugaan, batu bata ini adalah material benteng kuno.

Ukurannya tak biasa, yakni 35x25 sentimeter dengan ketebalan sekitar delapan sentimeter. Atau nyaris tiga kali lipat dibanding batu bata masa kini.

Batu bata itu ditemukan terpendam di kedalaman sekitar 50 sentimeter di sepetak sawah milik warga Kalikudi, Mistam, wilayah Ketanggung. Saat ditemukan, batu bata membentuk formasi semacam petak bangunan berukuran sekitar 4x3 meter.

Mistam dan para pekerja menemukan batu itu ketika menggali sawah lantaran permukaannya terlalu tinggi. Tanah itu lantas dijual ke pengarjin genteng atau batu bata di wilayah lain.

Tokoh warga Kalikudi, Kunthang Sunardi, mengakui sudah berupaya menelisik keberadaan batu bata berukuran raksasa ini. Salah satunya, dengan menanyakan ke tetua desa yang usianya sekitar 90 tahun.

Namun, ternyata tetua desa pun tak tahu menahu muasal keberadaan batu bata raksasa di Desa Kalikudi. Karenanya, ia menduga batu bata ini berasal dari masa ratusan tahun lampau.

Dugaan ini diperkuat oleh salah satu warga Kalikudi yang mengaku pernah mendapati ada bata sebesar itu pada bangunan benteng di Goa, Sulawesi Selatan. Ukurannya, nyaris sama. Benteng-benteng kuno itu, konon, dibangun di kisaran adab 16-18 Masehi.

"Posisinya berada di utara Pasemuan Lor," kata Kunthang Sunardi, ketua Forum Warga Kalikudi, saat dihubungi Liputan6.com, Jumat malam, 28 September 2018.

Pasemuan, adalah rumah peribadatan bagi para pelestari adat atau penganut Kejawen di Desa Kalikudi. Di tempat ini, lahir dan berkembang berbagai adat tradisi warisan leluhur Jawa.

Hingga saat ini, adat tradisi itu masih terjaga dengan baik. Di beberapa tempat, ada bangunan atau artefak peninggalan masa lalu yang masih dikeramatkan.

Boleh dibilang, Kalikudi adalah desa berusia tua. Risalahnya terangkai hingga ratusan tahun silam. Buktinya adalah artefak ratusan tahun yang bertebaran di tempat ini. Namun, tak ada satu pun risalah yang menyebut soal benteng kuno.

Pusat Batu Bata di Masa Kolonial?

Batu bata berukuran raksasa ditemukan di Kalikudi Kecamatan Adipala. Ada dugaan batu bata ini diproduksi untuk membangun kota lama Cilacap, termasuk benteng pendem. (Liputan6.com/Kunthang Sunardi untuk Muhamad Ridlo)

Hanya saja, penemuan sebentuk bangunan yang terbuat dari batu bata raksasa ini tak ada dalam riwayat desa. Ini adalah penemuan yang benar-benar baru.

Kunthang pun enggan berspekulasi mengani temuan batu bata raksasa ini. Bisa jadi, batu bata ini adalah artefak yang tersisa dari sebuah bangunan. Bisa benteng, atau juga makam kuno.

Temuan ini secara resmi akan dilaporkan ke pemerintah desa yang lantas bakal diteruskan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap. Laporan ini kemudian akan diteruskan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB), Jawa Tengah.

"Yang terpenting, sekarang diamankan dulu. Jangan sampai hilang," ucap Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Badrudin MC.

Badrudin mengaku khawatir artefak kuno di Kalikudi bakal bernasib sama dengan artefak kuno di Trowulan yang perlahan hilang dipakai orang lantaran dianggap tak ada nilainya. Belakangan diketahui, diduga batu bata yang ditemukan di Trowulan adalah jaringan kota yang membentang berkilometer.

Sama dengan Kunthang, Badrudin pun enggan berspekulasi mengenai keberadaan batu bata berukuran tak biasa ini. Namun, melihat penampakannya, bisa jadi batu bata ini berasal dari zaman kolonial Belanda.

Ada kemungkinan, Kalikudi sebagai desa yang berusia tua, pernah menjadi pusat industri batu bata pada masa itu. Batu bata ini berukuran besar ini lantas dikirim ke Cilacap kota saat pembangunan Cilacap kuno.

Hal ini didasari lokasi penemuan yang relatif dekat dengan jalur kereta api dan jalan besar. Menurut Badrudin, pada masa lalu, material pembangunan sebuah gedung memang tak mesti berasal dari wilayah yang berdekatan.

"Cilacap tanah berpasir. Jadi untuk membuat bata, mungkin, di Kalikudi atau biasa juga di Kesugihan," ucapnya.

Cilacap adalah kota tua di pesisir selatan. Kota ini juga dianggap penting sebagai benteng sisi selatan pada masa Kolonial Belanda. Karenanya, di Cilacap ada benteng pendem dan benteng yang berada di Nusakambangan.

Menurut Badrudin, jika ini yang terjadi, maka Kalikudi sebagai desa tua akan dikenal sebagai pemasok material penting pembangunan kota Cilacap kuno, sebagaimana Penyarang, sebagai penymbang kayu.

"Tapi yang jelas kesimpulannya menunggu peneliti dari Balai Pelestari Cagar Budaya. Harapannya yang dalam waktu dekat-dekat ini bisa turun. Ya kita fasilitasi," dia menambahkan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Resep Telur Orak-Arik Lezat dengan Bahan Tak Terduga

Posted: 28 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Telur orak-arik atau scrambled egg menjadi menu sehat dan gampang dibuat. Terutama saat diburu waktu pada pagi hari.

Namun jika hanya diolah dengan resep itu-itu saja pasti berakhir membosankan. Apalagi jika tidak tahu bagaimana cara mengocok telur dan memasaknya dengan benar.

Bisa jadi hasilnya akan seperti bubur kering atau terlalu encer, amis, justru bahkan hilang aroma sama sekali. Namun dengan tambahan bahan rahasia, telur orak-arik akan sama levelnya sekelas resto dan menambah selera makan saat sarapan.

Masing-masing dari delapan resep ini memiliki bahan rahasia tidak disangka-sangka. Yang akan mengubah kebiasaan membuat telur orak-arik yang sudah dilakukan selama ini melansir dari popsugar, Sabtu (27/9/2018).

 

8 Resep Telur Orak-Arik Mengejutkan

Ilustrasi Telur (iStock)

1. crème fraiche

Gordon Ramsay bersumpah jika resep telur orak-arik lezat memakai bahan rahasia crème fraiche. Mirip dengan krim asam, crème fraiche membuat telur enak seperti custard.

2. orange juice

Ide gila menambahkan jus jeruk dalam telur orak-arikmu? Nyatanya sedikit jus jeruk memberi sensasi rasa manis dan warna yang cantik dari scrambled egg.

3. heavy cream

Bagi penggemar telur orak-arik super-lembut dan custardy, heavy cream adalah komposisi yang tepat. Krim tersebut menambah tekstur silky yang membuat Chrissy Teigen menyebutnya "cheesy chees-less scrambled eggs.

 

Maizena sampai Mentega Beku

Ilustrasi Telur (iStock)

4. tepung jagung atau maizena

menambah sedikit maizena dalam telur orak-arik akan membuat adonannya mengental sempurna dan matang lebih cepat. Tentunya telur menjadi semakin lembut dan tidak kering.

5. Ghee atau minyak saminCobalah memasak telur orak-arik dengan ghee atau mentega dari lemak hewani yang dimurnikan. Mentega jenis ini menjadi panas terbaik dan tidak mudah terbakar. Sehingga akan menghasilkan telur sempurna di piring sarapan.

6. mentega bekuParut langsung mentega beku dalam telur yang sedang digoreng. Memarut mentega membantu mendistribusikan lemak yang mencair dalam wajan sehingga menghasilkan telur yang creamy.

7. SusuMenjadi bahan yang paling banyak digunakan dalam membuat telur. Susu menghasilkan telur yang lebih tebal dan besar sehingga cocok untuk menyambut banyak tamu.

8. Daging membuat segalanya hidangan lebih enak. Rahasianya, masak telur setelah menggoreng bacon. Telur orak-arik pun akan terasa asik, smoky, dan sajikan dengan bacon.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar dan Emirates Bikin Optimis Buyers dan Sellers Selandia Baru

Posted: 28 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kabar baik dan optimis datang dari Selandia Baru. Kementerian Pariwisata (Kemenpar) berhasil mengumpulkan 42 buyers di acara Sales Mission (SM) Selandia Baru di Hotel Crowne Plaza Auckland, Selandia Baru, (27/9). Optimis tinggi pun datang dari SM tersebut.

Menurut data Kemenpar, tahun 2017 lalu, kunjungan wisman asal Selandia Baru mencapai 106,941 orang. Atau naik 2% jika dibandingkan tahun 2016. Atau dengan total kunjungan 105,393 wisatawan.

7 Bulan pertama di tahun 2018, kunjungan wisman asal Selandia Baru terkoreksi sangat positif. Sejak Januari hingga Juli 2018, kunjungan wisman Selandia Baru mencapai 67.247. Jumlah ini meningkat 10,1% jika dibandingkan periode yang sama 2017.

"Sejak terbang perdana pada pertengahan Juni 2018, Emirates benar-benar membuka pintu semakin terbuka lebar ke Indonesia. Kami sangat optimis atas meningkatnya wisatawan kami yang ke Indonesia. Sekitar 40 persen dari konsumen-konsumen kami bertambah ke Indonesia pasca Emirates buka penerbangan langsung dari Selandia Baru,"ujar Jon Gwin, Product Manager Asia dan Uni Emirate Arab House of Travel salah satu Tour Travel besar di Selandia Baru.

Hal senada diungkapkan Sellers asal Indonesia Sales Manager The Breezes Bali, Ega Purnama Alamsyah. Kata Ega, peningkatan signifikan terasa di Hotelnya yang berada di Seminyak, Bali. Penerbangan setiap hari dari Selandia Baru yang dibuka oleh Emirates memantik industri dan okupansi Hotel di Bali makin meningkat.

"Setelah Emirates buka, kami di internal langsung fokus. Karena peningkatannya terasa banget. Secara pararel juga terasa. Industri-industri terkait dengan Hotel kami juga sangat terasa penambahan Wisman Selandia Baru. Maka dari itu, kami bikin tim Selandia Baru dan selalu ingin ikut dengan Kemenpar berpromosi, karena pasarnya bergerak naik terus,"kata Ega.

Menariknya, Kemenpar juga sukses membuka destinasi selain Bali di acara SM itu. Ini setelah, Kementerian di bawah komando Arief Yahya ini berhasil mendatangkan sellers yang menjual destinasi Lombok dari Puri Hotel.

General Manager Puri Lombok Sara Sanders. Sara sukses mempresentasikan hotelnya dan destinasi yang terkait dengan cantik dan gamblang di depan para Sellers. Kata Sara, kehadiran Kemenpar dan Emirates sukses mendatangkan Wisman ke Bali juga ke Lombok.

Hal itu dibenarkan oleh Sellers asal Selandia Baru, Linda Ambadar. Owner Travel Kia Ora itu merasakan hal yang sama. "Makin kencang ke Indonesia. Lombok juga sudah masuk destinasi incaran Selandia Baru. Terima kasih Kemenpar. Terima kasih Emirates,"katanya. Acara tersebut juga berjalan lancar dan menarik. Kemenpar memberikan door prize bagi yang hadir dan juta tarian nusantara yang menawan.

Terpisah, pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Giri Adnyani menyambut kabar baik dari Selandia Baru. Kata dia, pasar Selandia Baru memang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Kata Giri, sejarah memang telah diciptakan maskapai Emirates yang menghubungkan tiga kota dunia dengan Bali sebagai poros utamanya. Koneksi internasional tersebut sukses menyatukan Dubai (Uni Emirat Arab), Bali (Indonesia), dan Auckland (Selandia Baru). "Momentum ini positif bagi kepariwisataan nasional karena semakin membuka lebar pintu konektivitas udara internasional kita. Terima kasih kepada Sellers dan Buyers yang ikut SM. Terus bawa wisatawan ke Indonesia," kata Giri yang juga diamini Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional IV Kemenpar Adella Raung.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, posisi Australia dan Selandia Baru memang diuntungkan posisi geografis. Arus masuk wisatawan Selandia Baru sangat potensial bagi kepariwisataan nasional.

"Koneksi ini harus terus membawa pengaruh besar bagi semua pihak. Poros ini harus terus tumbuh bagus, apalagi Bali ini tujuan wisata terbaik dunia. Di sekitar Bali juga ada destinasi terbaik seperti Pulau Lombok dan Pulau Komodo. Terima kasih. Kami memberikan apresiasi tinggi kepada Emirates karena telah menghubungkan Dubai-Denpasar-Auckland. Sinergi ini sangat positif untuk pariwisata Indonesia,"pungkasnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Emas Berada di Posisi Penurunan Terpanjang Sejak 2017

Posted: 28 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Harga emas naik tetapi berada di jalur penurunan beruntun terpanjang sejak Januari 1997. Ini ketika Dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap euro dipicu kegelisahan tentang Anggaran Italia bisa mengancam mata uang Eropa.

Melansir laman Reuters, harga emas di pasar spot meningkat 0,9 persen menjadi USD 1.193,32 per ounce, tetapi menyentuh level terendah sejak 17 Agustus di USD 1.180,34 pada awal sesi.

Sementara harga emas berjangka AS untuk Desember ditutup naik USD 8,80, atau 0,7 persen menjadi USD 1,196.20 per ounce.

Harga emas turun lebih dari 0,5 persen pada September, kerugian bulanan keenam berturut-turut.

Para pedagang mengatakan data pengeluaran konsumsi pribadi AS yang lebih rendah dari perkiraan, ukuran inflasi, memicu perburuan investasi emas.

"PCE inti yang mengecewakan menimbulkan pertanyaan tentang masa depan inflasi (di AS)," kata co-editor Sevens Report, Tyler Richey, .

Dia mengatakan, pada titik ini, angka inflasi membantu harga emas kembali menguat, bangkit usai kenaikan suku bunga The Fed.

Federal Reserve AS menaikkan suku bunga pada hari Rabu dan mengatakan pihaknya merencanakan untuk melakukan empat peningkatan lagi pada akhir 2019 dan lainnya pada 2020.

Kenaikan ini membuat harga emas ditutup turun 0,6 persen menjadi USD 1.194,06 per ounce, terendah sejak 11 September.

 

Ilustrasi Harga Emas Naik (Liputan6.com/Andri Wiranuari)

Emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga, yang mengangkat peluang bagi pemegang investasi lain. Kenaikan suku bunga juga menguatkan Dolar AS.

Harga emas turun lebih dari 13 persen dari posisi tertinggi pada April, sebagian besar karena penguatan Dolar, yang didorong kondisi ekonomi AS yang dinamis dan kekhawatiran perang perdagangan global.  Investor memilih greenback bukannya emas sebagai investasi yang aman.

Sementara harga logam mulia lainnya, paladium turun 0,3 persen menjadi USD 1.078,4 per ounce, setelah menyentuh level tertinggi delapan bulan di USD 1.094,60 per ounce. 

Adapun harga perak naik 3,4 persen menjadi USD 14,68 per ounce dan menuju kenaikan pertama dalam 4 bulanan.

Harga Platinum naik 1,1 persen menjadi USD 817,80 per ounce dan menuju kenaikan pertama dalam 8 bulanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Inggris Akhir Pekan Ini

Posted: 28 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Laga super big match akan tersaji di pekan ketujuh Liga Inggris akhir pekan ini. Dua tim yang difavoritkan menjuarai kompetisi ini, Liverpool dan Chelsea, akan bertarung pada Sabtu (29/9/2018) di Stamford Bridge.

Saat ini Liverpool memimpin klasemen Liga Inggris dengan raihan 18 poin. Sedangkan, Chelsea saat ini berada di urutan ketiga dengan 16 poin.

Laga malam nanti bagi Liverpool akan dijadikan ajang balas dendam. Pasalnya, pada ajang Piala Liga Inggris, mereka kalah tipis 1-2 di kandang sendiri.

Pada laga Liga Inggris lainnya, Manchester City akan mencoba menjauh dari kejaran Chelsea, yang sama-sama baru meraih 16 angka. City akan menghadapi Brighton & Hove Albion di Etihad Stadium.

Tantangan

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho bersalaman dengan gelandang Paul Pogba usai pertandingan melawan Tottenham Hotspur pada lanjutan Liga Inggris di Old Trafford, (27/8). MU kalah telak atas tottenham 3-0. (AFP Photo/Oli Scarff)

Sementara, bagi Manchester United (MU), tantangan kembali harus dihadapi skuat asuhan Jose Mourinho. Pada pekan tujuh Liga Inggris. Setan Merah dijamu wakil London, West Ham United.

Laga lainnya Tottenham Hotspur akan berkunjung ke markas Huddersfield Towns. Sedangkan, Arsenal FC akan menjamu Watford FC

Jadwal Liga Inggris

Sabtu 29 September 2018

18.30 WIB

West Ham vs MU (Bein Sports 1)

21.00 WIB

Arsenal vs Watford

Everton vs Fulham

Huddersfield vs Tottenham

City vs Brighton (Bein Sports 1)

Newcastle vs Leicester

Wolverhampton vs Southampton

23.30 WIB

Chelsea vs Liverpool (RCTI/Bein Sports 1)

Minggu 30 September 2018

22.00 WIB

Cardiff City vs Burnley (Bein Sports 1)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diberitakan Negatif Soal Sakitnya, Billy Syahputra Bersyukur

Posted: 28 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Billy Syahputra belakangan ini diketahui menderita sakit hingga beberapa kali dirawat di rumah sakit. Semenjak dirinya sakit dan dirawat, banyak pemberitaan yang membahas dirinya.

Sebagian berita-berita tersebut mengatakan bahwa Billy Syahputra hanya pura-pura sakit. Billy Syahputra dituduh merekayasa sakitnya untuk kepentingannya.

Menanggapi hal tersebut, Billy Syahputra malah bersyukur. Meski diterpa isu-isu tidak baik, dirinya masih dipercaya untuk mengisi beberapa acara televisi.

"Alhamdulilah banyak job rejeki, walaupun pemberitannya enggak mengenakan di telinga tapi Alhamdulilah dari pihak tv memberikan kepercayaan buat ngisi-ngisi program banyak sehari tiga kali, paling dikit sehari dua kali. Itu kan suatu anugrah kita harus selalu bersyukur, tapi beritanya sangat terbalik," kata Billy Syahputra di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (28/9/2018).

 

Faktor Makan

(Instagram/bilsky16)

Lebih lanjut, Billy Syahputra juga menjelaskan penyebab dirinya berkali-kali masuk rumah sakit.

"Mungkin ketika kemaren sakit karena faktor kecapekan terus makannya juga enggak sehat dalam arti jorok-joroknya ya makan goreng-gorengan terus es gitu-gitu dan ahirnya mengakbakan tenggorogkan itu infeksi," ungkap Billy Syahputra.

 

Memaksakan?

Billy Syahputra jatuh sakit [foto: Instagram/hvkhildavitriakhan]

Di tengah kondisinya yang seperti itu, Billy Syahputra tetap memaksakan untuk bisa terus bekerja. Padahal, keluarganya sudah mengingatkan untuk tidak terlalu memaksakan diri.

"Kalo versi mama sama kakakku kalo misal bang Billy udah capek, jangan terlalu ngoyo untuk ngambil acara terus. Terus mikir nih, gue sih bukannya ngelawan ngebalikin omongan gue mikir 'wah kalo misalnya gw ga kerja yang bayar kreditan siapa' makanya gue kerja terus," paparnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tes Baru Diklaim Mampu Deteksi Masalah Jantung Tersembunyi

Posted: 28 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peneliti menemukan sebuah cara yang mampu mendeteksi masalah jantung tersembunyi dalam 20 menit. Hal ini dilakukan oleh para ahli di Inggris.

Melansir New York Post pada Jumat (28/9/2018), tes baru ini dilakukan dengan cara memasukkan kabel kecil ke jantung, untuk mendeteksi ribuan kasus angina yang tidak terdiagnosa.

Jutaan orang di Britania Raya sendiri menderita angina. Suatu bentuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke jantung. Hal ini juga banyak dialami di seluruh dunia.

Sebagian besar bisa diobati dengan obat-obatan harian yang efektif menghilangkan rasa sakitnya. Namun, tes konvensional terkadang melewatkan masalahnya.

Tes kabel ini diklaim lebih membantu untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan pasien. Ilmuwan dari Yayasan Jantung Inggris bahkan merekomendasikan ini untuk digunakan secara luas di seluruh Pelayanan Kesehatan Nasional Inggris.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

 

 

Berharap Dilakukan di Seluruh Negeri

Peneliti menguji tes yang mampu mendeteksi masalah jantung angina (iStockphoto)

Untuk melakukan tes ini, mereka melakukannya pada 151 pasien yang mengalami nyeri dada, namun tanpa tanda-tanda angina di tes biasa.

Sebuah kabel yang fleksibel didorong ke jantung untuk mengukur seberapa baik pembuluh darah mampu rileks. Para ilmuwan menemukan tes baru ini mampu mendiagnosa enam kali lebih banyak pasien angina, dibandingkan tes biasa.

"Membiarkan kondisi jantung ini tidak terdiagnosa dan tidak diobati memberikan risiko kepada pasien. Kami sekarang berharap untuk melihat tes ini diluncurkan di seluruh negeri," kata Peneliti Utama Profesor Colin Berry dari Universitas Glasgow

British Hearth Foundation, yang mendanai penelitian ini, mengatakan tes tersebut bisa membantu banyak penderita angina yang terdeteksi pada saat melakukan uji tersebut.

"Orang-orang yang sering menderita episode nyeri dada yang melumpuhkan dan menakutkan, secara dramatis mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka," ujar Perawat jantung senior Philippa Hobson.

Temuan ini dipresentasikan di sebuah konferensi di San Diego, Amerika Serikat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rekaman Detik-Detik Jembatan Kuning di Palu Roboh Akibat Gempa

Posted: 28 Sep 2018 07:53 PM PDT

Liputan6.com, Palu - Jembatan Kuning IV atau Jembatan Ponulele di Kota Palu, Sulawesi Tengah, roboh akibat dampak gempa. Detik-detik robohnya jembatan yang menjadi ikon Kota Palu terekam warga.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (29/9/2018), jembatan yang merupakan kebangaan warga Palu roboh akibat dengan magnitudo 7,4 skala Richter (SR), Jumat kemarin.

Pasca-gempa di Sualwesi Tengah dengan magnitudo 7,4 SR, beredar video dari warga di media sosial, jika jembatan termegah di Palu, Sulawesi Tengah, Jembatan Kuning IV atau Jembatan Ponulele ambruk.

Selain itu, rekaman video amatir memperlihatkan amuk gelombang laut menerjang daratan. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise menghubungkan Kecamatan Palu Timur dan Palu Barat.

Nama Jembatan Palu IV atau Jembatan Ponulele diambil dari sosok mantan Gubernur Sulawesi Tengah Aminudin Ponulele.

Sejak diresmikan 12 tahun lalu (2006) oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Jembatan Kuning menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Karena menjadi jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah Jepang dan Perancis.

Kemegahan jembatan sepanjang 250 meter pun kian lengkap dengan pegunungan Gawalise di sisi barat dan lembah di sebelah selatan, membuat kawasan Teluk Palu semakin indah. (Muhammad Gustirha Yunas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Masih Menunggu Kabar Terkini Soal Gempa dan Tsunami di Palu

Posted: 28 Sep 2018 07:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sesaat setelah mendapat kabar terjadi gempa bumi dan tsunami di Donggala, Kota Palu, dan sekitarnya, Presiden Jokowi rupanya langsung menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola. Namun tak berhasil.

"Saya menghubungi Gubernur Sulawesi Tengah melalui telepon. Tapi gagal," tulis Jokowi dalam akun Facebooknya, Sabtu (29/9/2018).

Sambungan komunikasi ke Palu dan Donggala saat ini tengah terganggu. Informasi yang Jokowi terima dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), belum utuh.

Meski demikian, Jokowi telah memerintahkan Menkopolhukam untuk mengkoordinasikan jajarannya, BNPB, dan TNI untuk melakukan penanganan darurat atas gempa dan tsumani di Donggala dan Palu. Yaitu melakukan pencarian korban, evakuasi, dan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dasar yang diperlukan. "Selekas mungkin," tulis Jokowi.

Sejak semalam, kata dia, mereka sudah menuju lokasi terdampak gempa dan tsunami. "Semoga hari ini kita sudah mendapatkan informasi yang lebih rinci mengenai kondisi di lapangan," kata dia.

Duka Cita

Jokowi pun mengaku ikut berduka atas jatuhnya korban setelah terjadinya gempa dan tsunami yang terjadi di Sulawesi Tengah ini. Jokowi meminta agar masyarakat terutama yang berada di Donggala, Palu, dan sekitarnya tetap tenang dan waspada.

"Kita berdoa kepada Allah SWT, agar musibah ini dapat kita lalui dan dampaknya kita selesaikan bersama," tandas Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Sigi Sulawesi Tengah

Posted: 28 Sep 2018 07:46 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bermagnitudo 5,4 kembali terjadi di Wilayah Sulawesi Tengah, Berdasarkan informasi dari Badan Meeorologi dan Geofisika (BMKG), lindu terjadi di 21 Kilometer Tenggara Sigi. 

Gempa mengguncang pada pukul 09:32:52 WIB. Lokasi persisnya di 1.49 Lintang Selatan,120.04 Bujur Timur. Pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan tanah. 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menhub Bentuk Tim Reaksi Cepat Pulihkan Tranportasi di Sulteng Pascagempa

Posted: 28 Sep 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membentuk tim gerak cepat untuk operasi tanggap darurat gempa di Sulawesi Tengah. Tim ini bertugas segera memperbaiki fasilitas transportasi.

"Untuk memudahkan koordinasi pusat dan daerah yang diterjunkan ke lapangan dan membentuk posko khusus terkait penanganan gempa Palu di kantor pusat Kemenhub," kata Menhub Budi Karya kepada pers, Sabtu (29/9/2018).

Seperti dilansir Antara, ia mengungkapkan hal itu saat menghadiri Kegiatan Masa Dasar Pembentukan Karakter Taruna Transportasi (MADATUKAR) BPSDM Perhubungan di Balai Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Karakter (BP3K) Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.

Budi Karya menamakan tim tersebut adalah Tim Quick Response Transportasi. Menhub mengatakan dirinya juga meminta untuk melakukan pengecekkan terhadap beberapa fasilitas transportasi baik udara dan laut yang terkena dampak gempa bumi tersebut.

"Saya menginstruksikan kepada jajaran di Kemenhub untuk melakukan pengecekkan fasilitas sarana dan prasarana transportasi seperti bandara maupun pelabuhan pada daerah yang terkena dampak gempa," kata Menhub Budi.

Menurut laporan yang diterima, terjadi kerusakan di Bandara SIS Al-Jufri Palu dan Pelabuhan Ogoamas.

Aerodrome Control Tower Bandara SIS Al-Jufri mengalamai keretakan, serta retak di Talaud dan terjadi pergeseran dermaga ke sisi kanan sepanjang 3 centimeter di Pelabuhan Ogoamas.

 

Pastikan Kondisi Infrastruktur

Kemenhub juga masih menunggu informasi keadaan di sejumlah infrastruktur perhubungan yang belum terkonfirmasi karena putusnya jaringan komunikasi akibat gempa.

"Saya meminta jajaran untuk berkoordinasi dan terus melakukan pengecekkan kerusakan akibat gempa pada seluruh fasilitas transportasi," terang Menhub Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Menhub Budi juga menyampaikan duka mendalam terhadap para korban pada musibah gempa bumi di Sulawesi Tengah.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: