Kamis, 20 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


3 Teknik Pengereman Mobil yang Perlu Anda Pelajari

Posted: 20 Sep 2018 10:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keselamatan berkendara merupakan hal yang terpenting saat mengendarai mobil. Sadar akan hal itu, Daihatsu Indonesia kembali mengadakan edukasi keselamatan, bersama sahabat klub Daihatsu. Acara bertajuk "Daihatsu Club Auto Clinic 2018", dengan tema Defensive Driving.

Pelaksanaan Daihatsu Club Auto Clinic tahun kedua ini diikuti 80 peserta. Mereka berasal dari klub MAXXIO (Gran Max Luxio Club Indonesia), CALSIG (Calya Sigra Club), DAI (Daihatsu Ayla Indonesia) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club) di Karawang.

Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dibagi menjadi tujuh batch dan bekerja sama dengan GT-Radial. Setiap batch dibagi menjadi dua sesi, teori dan praktek. Dengan dua sesi ini, diharapkan peserta makin paham pentingnya keselamatan berkendara. Khususnya cara pengereman yang tepat.

Pada sharing ini, disampaikan dua teknik pengereman, dengan ABS dan non-ABS. Berikut teknik-teknik yang dapat digunakan untuk kendaraan non-ABS:

1. Teknik Threshold

Pengereman ini dilakukan dengan cara menahan tekanan pedal sekitar 90%. Tekanan hanya (mengambang) atau tidak sampai mengunci, sehingga ban masih bisa dibelokkan.

 

Selanjutnya

2. Teknik Stab

Pengereman ini cocok dilakukan untuk kendaraan yang menggunakan drum brake/tromol. Caranya, dengan menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang secara cepat. Gunanya mengurangi kecepatan kendaraan. Selain dapat mengurangi kecepatan kendaraan, cara ini juga mencegah ban mengunci. Dalam melakukan teknik ini, perlu latihan dengan pendampingan oleh orang yang ahli di bidangnya (expert).

3. Teknik Squeeze

Metode ini mirip dengan pengereman Stab. Caranya cukup menekan pedal rem, lepas dan tekan kembali berulang-ulang. Namun dengan perlahan dan lembut.

Selain teknik di atas, usahakan bantu pengereman dengan menggunakan engine brake. Setelah kecepatan kendaraan turun, lakukan juga penurunan persneling ke gear yang lebih rendah. Memahami teknik pengereman sangat penting. Selain erat hubungannya dengan keselamatan, teknik mengerem juga perlu kita lakukan, agar memperpanjang usia komponen pada sistem pengereman, terutama kampas rem. Dan yang tidak kalah penting, usahakan tetap mengontrol diri saat melakukan pengereman. Karena, pengereman bisa optimal bila pengemudi tidak panik.

"Dengan teknik pengereman yang tepat, kita dapat mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan sempurna, lebih aman bagi diri sendiri dan orang lain. Saat ini sudah banyak mobil yang menggunakan ABS, namun untuk melakukan pengereman tanpa ABS diperlukan teknik yang tepat," ujar Ben Faqih, Executive Coordinator People Development Department – CSVC Division, PT Astra Daihatsu Motor. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

[vidio:Lupa Pasang Rem Tangan, Seorang Wanita Terpaksa 'Kejar' Mobilnya]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Viral Jemaah Haji Pulang dengan Penampilan Glamor, Ini Kata Warganet

Posted: 20 Sep 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan jemaah haji yang baru pulang dari Tanah Suci sudah pasti dinantikan oleh keluarga serta kerabat. Tentu perjalanan dan pengalaman mereka beribadah di Makkah dan Madinah telah ditunggu-tunggu untuk diceritakan.

Namun, penampilan mereka saat pulang tentu juga perlu jadi perhatian. Biasanya jemaah haji pulang dengan seragam yang telah disediakan travel haji atau pakaian yang sopan dan tertutup.

Namun, ada hal yang cukup mengejutkan warganet pada rombongan haji asal Mamuju. Diunggah oleh akun Facebook Dyan Khautsar, Rabu (19/9/2018), ibu-ibu yang baru mendarat dari Tanah Suci itu membuat kontroversi karena pakaian nyentrik mereka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Respons warganet

(Foto: © Dyan Khautsar/Facebook)

Dengan warna pakaian yang mencolok dan perhiasan emas, rombongan ibu-ibu itu sukses menuai beragam respons warganet. Walaupun banyak yang merasa heran, segelintir warganet memberikan pandangan dan pendapat mereka tentang penampilan ibu-ibu tersebut.

"Moga ketularan ajalah naik haji sama emasnya," kata Rindy Ani.

"Yg sperti ini asli dandanan dr sulawesi selatan atau bugis makassar," sahut Riman Anaqia

"Mantap ini menujukkan orang2 di daerah lebih kaya kaya..lanjutkan..yang penting punya sendiri ya..gk hasil korupsi," tulis Junkdi Putra Adiyasa.

"Ini klo ga salah Bugis Makassar, ibu2 ini bukan mau pamer atau berlebihan, tp mereka spt ini krn memang sdh dari jaman nenek moyang mereka yg turun temurun, adatnya mereka spt ini, bentuk rasa syukur kpd Allah krn telah menunaikan kewajiban ibadah haji dan pulang dgn selamat," komentar Oktavia Renata.

Sampai saat ini unggahan tentang ibu-ibu rombongan haji tersebut sudah dibagikan lebih dari 5,8 ribu kali. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ricky / Debby Keok, Indonesia Tanpa Wakil di Semifinal Ganda Campuran China Open 2018

Posted: 20 Sep 2018 10:02 PM PDT

Liputan6.com, Beijing - Pasangan Indonesia, Ricky Karanda/Debby Susanto harus menyerah dari pasangan Hong Kong, Chun Tang/Ying Tse dalam perempat final turnamen bulutangkis China Open 2018, Jumat (21/9/2018). Ricky/Debby kalah dua gim langsung 15-21, dan 11-21.

Di atas kertas, Ricky/Debby sejatinya memang tidak diunggulkan untuk pertandingan ini. Pasalnya, Cun Tang/Ying Tse adalah unggulan keempat di nomor ganda campuran China Open 2018.

Kualitas pasangan Hong Kong ini pun seolah tampak saat pertandingan berlangsung. Pada gim pertama contohnya, Ricky/Debby dipaksa terus-menerus mengejar perolehan poin Chun Tang/Ying Tse.

Namun Ricky/Debby sama sekali tidak bisa mendekati perolehan poin lawan mereka. Ricky/Debby hanya sempat menipiskan jarak 14-16 sebelum akhirnya menyerah 15-21.

Gim kedua pun mutlak menjadi milik Chun Tang/Ying Tse. Mereka leluasa mengendalikan permainan atas Ricky/Debby.

Ricky/Debby bahkan tertinggal 5-15 dari Chun Tang/Ying Tse. Mereka sukses meraih enam poin beruntung sebelum menang 21-11 atas Ricky/Debby.

Di babak semifinal China Open 2018, Chun Tang/Ying Tse masih harus menunggu pemenang antara Zheng Siwei/Huan Yaqiong (Tiongkok) Vs Dechapol/Sapsire (Thailand).

 

Tidak Ada Wakil

Ganda campuran Indonesia, Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto (PBSI)

Kekalahan Ricky/Debby membuat Indonesia tidak mengirimkan wakil di semifinal China Open 2018. Sebelumnya, pasangan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Hafiz Faizal/Gloria Widjaja terpaksa pulang lebih dulu.

Tontowi/Liliyana kalah dari pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino di babak kedua. Yuta/Arisa pula yang mengalahkan Hafiz/Gloria di babak pertama.

Saksikan video menarik di bawah ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tahun 2040, Jepang Bakal Krisis Anak Muda

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Populasi lanjut usia (lansia) di Jepang mencapai rekor dunia. Satu dari tiga orang di negara tersebut sudah mencapai usia yang lebih dari 65 tahun.

Melansir New York Post, Jumat (21/9/2018), pemerintah Jepang mengungkap sekitar 35,6 juta warga Jepang adalah lansia. Jumlah itu berarti sekitar 28 persen dari populasi dunia.

Persentase tersebut diikuti oleh Italia pada 23 persen, Portugal dan Jerman dengan angka 22 persen. Sedangkan, jumlah usia lebih dari 65 persen di Inggris hanya sekitar 18 persen.

Demografi lansia di Jepang diperkirakan akan mencapai lebih dari dua pertiga populasi di negara tersebut pada 2040. Laporan ini dirilis bertepatan dengan hari Penghormatan untuk Lansia yang merupakan hari libur.

Data yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Jepang menunjukkan jumlah centenarian (usia 100 tahun) mencapai rekor tertinggi dengan angka 70 ribu pada bulan ini. Sembilan dari sepuluh di antaranya adalah perempuan.

Wanita memiliki harapan hidup rata-rata 87,3 tahun. Sedangkan, pria diperkirakan bisa hidup sampai 81 tahun.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

 

Angka Kelahiran Rendah

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengunjungi pusat evakuasi korban banjir di Mabi, Prefektur Okayama, Rabu (11/7). Regu petugas pemadam kebakaran dari luar prefektur juga dikerahkan untuk melakukan misi pencarian korban. (AFP/Martin BUREAU)

Sementara, jumlah bayi yang lahir di Jepang sendiri turun dari tahun lalu menjadi 946.060. Membuatnya jadi tahun kedua berturut-turut, di mana kelahiran tetap di bawah satu juta.

Pemerintah setempat menyatakan bahwa angka itu adalah yang terendah semenjak Jepang memulai perhitungan di 1989.

Pada saat yang sama, jumlah kematian mencapai titik tertinggi pasca-perang sebesar 1,3 juta. Hal ini berarti populasi Jepang menurun drastis hingga 394.373 di 2017.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menggambarkan tingkat kelahiran yang menurun dan populasi yang semakin tua sebagai sebuah krisis nasional.

Abe sendiri merupakan Perdana Menteri yang berusia 63 tahun. Dia sudah memimpin sejak Desember 2012 dan merupakan pemimpin yang paling lama melayani Jepang dengan tiga masa jabatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pesan Emil Jelang Persib vs Persija: Jaga Kesopanan dan Jangan Provokasi di Medsos

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Bandung - Menjelang pertandingan Persib Bandung menjamu Persija Jakarta dalam pekan ke-23 Liga 1 2018, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau kepada Bobotoh agar bisa menjadi tuan rumah yang baik. Masyarakat Jabar, khususnya Bobotoh diminta tertib dan tidak melakukan provokasi apapun.

Tim Maung Bandung dijadwalkan akan bertanding melawan Macan Kemayoran di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Minggu (23/9/2018). Pria yang karib disapa Emil pun berharap imbauannya ini bisa dilakukan dengan baik oleh loyalis Persib.

"Untuk Bobotoh, saya titip tidak ada insiden. Jaga kesopanan, jaga ketertiban. Tidak boleh lempar-lempar botol apapun itu. Tidak ada provokasi di media sosial, tidak ada rasis-rasis chanting di lapangan," ujar Emil di Gedung Sate, Kamis 20 September 2018.

"Jadilah tuan rumah yang baik, agar orang tidak kapok datang ke GBLA. Posisi Persib lagi bagus, juara satu sekarang jangan dinodai. Nanti yang didenda Persib lagi kalau perilaku dari Bobotoh kurang maksimal," tambahnya.

Emil pun berencana akan mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk nonton bareng di GBLA.

"Saya lagi mengontak Pak Anies lewat ajudannya. Kalau beliau berkenan kita undang nonton bareng di GBLA sebagai simbol persatuan," ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Emil berpesan kepada pelatih Persib, Mario Gomez agar menjaga momentum baik Persib saat ini. Terutama dari sisi kualitas para pemain. Emil pun menjanjikan bonus jika Persib bisa merebut Juara Liga 1.

"Kalau juara tentulah, dulu juga waktu saya jadi Walikota saya carikan bonus dari masyarakat. Kalau nanti menang juga saya carikan. Dan kita kawal, pawai lagi, supaya perayaan dari bintang dua menjadi bintang tiganya menjadi mantap," katanya.

Enam Layar Lebar

Para pemain Persija Jakarta bersalaman dengan pemain Persib Bandung usai laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6/2018). Persija menang 1-0 atas Persib. (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Sementara itu, Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar mengatakan, bahwa pihaknya sudah mengajukan penyediaan layar lebar di luar Stadion GBLA kepada panitia pelaksana (panpel). Ini sebagai langkah antisipasi jika banyak penonton yang tidak mendapatkan tiket.

"Alhamdulillah kita siapkan lima sampai enam layar. Kemarin saya sudah ke panpel, saya tegaskan jangan sampai kurang dari enam. Supaya semua penonton tidak kecewa, yang tidak dapat tiket bisa nonton di luar supaya nyaman para penonton," ucap Umuh.

Layar lebar bisa dipasang di beberapa titik, termasuk di lorong jalan menuju ruang VIP.

"Di lorong begitu mau masuk ke VIP itu kosong jalan. Di situlah bisa dipasang, di tengah-tengah di beberapa tempatlah begitu," jelasnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laris Diburu Konsumen, Pertamina Tambah Titik Distribusi Pertamax Turbo

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak peluncurannya di Jawa Tengah dan Yogyakarta pada September 2017, produk Pertamax Turbo milik PT Pertamina (Persero) laris diburu konsumen pada kawasan tersebut.

Demi memenuhi permintaan pasar yang terus bertambah, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) IV menambah titik distribusi (supply point) Pertamax Turbo melalui Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Semarang Group.

TBBM Semarang Group menjadi TBBM ke 15 yang mendistribusikan Pertamax Turbo dari total 116 TBBM di seluruh Indonesia.

"Selama ini Pertamax Turbo kami datangkan dari TBBM Surabaya Group dan TBBM Balongan dengan rata-rata thruput 21,5 KL per hari. Setelah TBBM Semarang Group menjadi titik distribusi, otomatis pengiriman Pertamax Turbo akan lebih cepat dan kami siap membanjiri SPBU di wilayah Jawa Tengah dan DIY (Yogyakarta) dengan Pertamax Turbo," ungkap Andar Titi Lestari, Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Jumat (21/9/2018).

Tercatat, saat ini 22 SPBU di area Jawa Tengah dan Yogyakarta telah memasarkan Pertamax Turbo. Dengan telah tersedianya produk ini di TBBM Semarang Group, Pertamina menargetkan penyerapan produk ini sebanyak 40 kilo liter (KL) per hari.

Diharapkan 63 SPBU juga dapat bergabung untuk menjual Bahan Bakar berstandar Euro 4 tersebut.

Pertamax Turbo sebagai bagian dari Pertamax Series merupakan bahan bakar dengan kualitas tertinggi dari Pertamina, hasil pengembangan produk Pertamax Plus yang memiliki Research Octane Number (RON) 98, serta dilengkapi Ignition Boost Formula (IBF).

Pertamax Turbo hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen kelas atas yang memiliki kendaraan kelas supercar dan berteknologi tinggi.

Spesifikasi kendaraan pengguna Pertamax Turbo adalah kendaraan yang berteknologi supercharger dan turbocharger dengan rasio kompresi kendaraan berkisar 12:1 hingga 13:1 dengan sistem injeksi.

Pertamax Turbo juga telah menjadi official partner kendaraan Lamborghini dan pernah digunakan dalam kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa, serta di empat balapan lainnya yakni di Monza-Italia, Silverstone UK, Paul Richard-Perancis, dan Spa Francorchamps-Belgia.

Pemerintah Izinkan Lembaga Penyalur Naikkan Harga BBM Nonsubsidi

Petugas mengisi BBM ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Senin (2/7). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemerintah memastikan tidak akan menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi dalam waktu dekat. Namun, pemerintah memberikan kelonggaran pengaturan harga untuk BBM nonsubsidi kepada lembaga penyalur.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, pemerintah belum memiliki rencana untuk menaikan harga BBM jenis Premium dan Solar subsidi dalam waktu dekat.

"Untuk biosolar atau gasoil 48 dan jenis bensin gasolin Ron 88 atau Premium sampai sekarang pemerintah belum memiliki rencana penyesuaian harga," kata Jonan, saat menghadiri The 6 th IIGCE 2018, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (6/9/2018).

Namun kebijakan tersebut tidak berlaku untuk BBM nonsubsidi. Menurut Jonan, badan usaha diberikan kewenangan untuk menyesuaikan harga BBM nonsubsidi sesuai dengan keekonomian.

"Kalau jenis bahan bakar umum seperti Shell, Pertamax, Pertamax Plus, Turbo itu kan market. Bebas aja. Mereka bisa sesuaikan harga," tutur Jonan.

Sebelumnya, Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi mengungkapkan, subsidi BBM jenis Solar yang digelontorkan pemerintah tahun ini ditambah Rp 1.500 per liter, dari sebelumnya Rp 500 per liter di 2017 menjadi Rp 2.000 per liter di 2018.

"Realisasi penyaluran Solar pada semester I 2018 ini sebesar 7,2 juta KL (Kilo Liter), dikalikan tambahan subsidi Rp 1.500 menjadi sekitar Rp 10,8 triliun," kata dia. 

Menurutnya, angka tersebut jauh lebih kecil dibandingkan peningkatan penerimaan negara di Semester I yang tercatat Rp 28 triliun.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sule dan Lina Resmi Cerai, Rizky Febian Nyanyikan Lagu Sedih

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Sule dan Lina resmi berakhir di pengadilan. Pengadilan Agama Cimahi telah mengabulkan gugatan cerai yang didaftarkan Lina terhadap Sule.

Di tengah kesedihan itu, anak sulung Sule, Rizky Febian, sempat mengunggah Instagram Story tentang pesan kesedihan.

Ia menyanyikan lagu milik The Weeknd yang bertajuk "Call Out My Name". Lagu ini sendiri diyakini banyak pihak sebagai ungkapan patah hati The Weeknd setelah putus dengan Selena Gomez. 

Lewat video singkat, Rizky Febian melantunkan lirik yang cukup menyentuh hati. "So call out my name. Call out my name when I kiss you so gently. I want you to stay," lantun Rizky Febian dalam video berlatar gelap yang diakses Liputan6.com, Jumat (21/9/2018).

Tahu soal Perselingkuhan

(Deki Prayoga/Bintang.com)

Selain itu, dugaan perselingkuhan yang dilakukan Lina menjadi pertimbangan hakim dalam memutuskan perkara. Kabarnya, isu perselingkuhan itu juga telah diketahui Rizky Febrian.

"Iya tahulah (dugaan perselingkuhan)," kata pengacara Sule, Dose Hudaya, kepada Liputan6.com, Kamis (20/9/2018).

Fakta Persidangan

Sule dan Lina

"Jadi sudah diputuskan Sule dan Lina bercerai. Alasannya dicampurkan juga dengan alasan yang telah disebutkan oleh hakim tentang adanya perselingkuhan. Itu fakta persidangan," ia menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Destinasi Fashion Online Terbesar di Asia Kini Hadirkan Produk Kecantikan

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda adalah seseorang yang hobi belanja online, mungkin masih menemukan kesulitan untuk membeli produk kecantikan dan fashion. Jangan khawatir, sekarang Anda bisa belanja kedua produk tersebut dari satu tempat saja.

Zalora, sebagai destinasi fashion online terbesar di Asia resmi menghadirkan koleksi produk-produk kecantikan atau makeup. Diawali dengan label Make Up For Ever, Zalora memberikan berbagai penawaran eksklusif, mulai dari exclusive deal, makeup set, dan special gift.

Sejak diluncurkan di Zalora, Make Up For Ever mendapatkan respons positif dari para pecinta produk kecantikan di Indonesia. Dua produk kecantikan yang diakui merupakan best seller dari Make Up For Ever adalah Matte Velvet Skin Compact Foundation dan Aqua Seal.

Produk best seller dari Make Up For Ever

Ilustrasi Foto Alat Make Up (iStockphoto)

Matte Velvet Skin Compact Foundation adalah compact foundation yang baru saja diluncurkan dalam 30 pilihan warna dan memiliki tingkat coverage optimal. Efeknya membuat kulit tetap terlihat natural dan nyaman digunakan. Sedangkan Aqua Seal dapat membuat semua makeup yang Anda kenakan menjadi waterproof.

Dunia fashion dan beauty tidak bisa dipisahkan lagi

Zalora baru saja meluncurkan Beauty Category untuk mempermudah kegiatan Anda dalam berbelanja produk-produk kecantikan. Sumber foto: PR.

Zalora memahami saat ini, fashion tidak lagi bisa dipisahkan dari beauty. Konsumen membutuhkan dua industri ini berjalan secara beriringan, sehingga akhirnya Zalora memutuskan untuk membuat Beauty Category tersendiri.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

3 Cara Atasi Pemindai Sidik Jari Bermasalah di Smartphone Android

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini fitur pemindai sidik jari sudah menjadi fitur wajib yang ada di smartphone Android. Mulai dari perangkat satu jutaan hingga puluhan juta, fitur keamanan ini dapat dengan mudah ditemukan.

Kehadiran fitur ini tidak lepas dari keamanan yang ditawarkan sidik jari, mengingat pola tiap-tiap orang berbeda. Karenanya, meski fitur face unlock mulai diadopsi banyak vendor, fitur keamanan berbasis sidik jari masih jadi pilihan.

Kendati demikian, bukan berarti fitur ini tanpa masalah. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk mengatasi fitur pemindai sidik jari yang tidak bisa digunakan. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Daftarkan Lebih dari Satu Jari

Langkah ini memang sederhana, tapi dapat membantu kamu saat smartphone tidak dapat membaca satu sidik jari. Terlebih, hampir seluruh smartphone Android memungkinkan untuk mendaftarkan lebih dari satu sidik jari.

Pertama, tentu kamu harus mendaftarkan sidik jari yang biasa digunakan untuk membuka smartphone. Sebagai tambahan, gunakan sidik jari lain yang dirasa paling mudah untuk menggapai sensor.

2. Gunakan Jari dari Kedua Tangan

Sidik jari

Perlu diingat, bahwa hindari penggunaan dua jari dari satu tangan yang sama. Oleh sebab itu, gunakan jari lain dari tangan yang berbeda sebagai data tambahan.

Cara ini juga dapat memudahkanmu saat memakai smartphone di tangan yang berbeda dari biasanya. Selain memudahkan saat pemindai sidik jari bermasalah, kamu dapat memakai smartphone lebih fleksibel.

3. Tambahkan Jari Setelah Mandi

Jangan akses fingerprint scanner dengan tangan basah (Sumber: Jalan Tikus)

Cara ini memang sedikit berbeda tapi cukup ampuh untuk dipakai saat pemindai sidik jari bermasalah. Alasannya, dalam beberapa kondisi kamu akan mengakses sidik jari dalam saat keadaan basah, semisal habis mandi atau sedang berkeringat.

Dalam beberapa percobaan, kamu mungkin akan menemui kendala dan sidik jari susah terekam. Namun, dengan membersihkannya sebentar, biasanya kamu dapat langsung membuka perangkat kembali.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: 300 Gajah Bersedih Kelilingi Bangkai Pemimpinnya

Posted: 20 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Hampir 300 ekor gajah mengelilingi pemimpinnya yang mati di Sri Lanka. Momen haru ini direkam oleh penduduk lokal di Anuradhapura.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Sejarah Adanya Bus Salawat untuk Jemaah Haji Indonesia

Posted: 20 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bus salat lima waktu atau salawat merupakan kendaraan pengangkut jemaah haji Indonesia yang terdapat di Makkah, Arab Saudi. Rute bus salawat adalah hotel-Masjidil Haram pulang pergi (taradudi).

Bus salawat melayani 12 rute yang menjangkau setiap hotel jemaah, dan pada 2018 ini sebanyak 394 bus siap melayani jemaah haji Indonesia selama 24 jam.

Tercatat 12 rute di seluruh Makkah menjadi jalur utamanya, masing-masing bus akan datang menjemput di halte yang telah disediakan tiap lima menit.

Namun bagaimanakah kisah perjalanan bus yang identik dengan warna merah dan hijau ini melayani jemaah haji? Berikut kisahnya seperti dikutip dari laman www.haji.kemenag.go.id, Jumat (21/9/2018).

Bus salawat memulai perjalanannya pertama kali pada 2008 lalu. Pada tahun tersebut, hotel jemaah haji Indonesia jaraknya lebih dari 10 kilometer dari Masjidil Haram, berada di wilayah Aziziyah, Hijrah, Mukhathat Bank, Bakhutmah, Kholidiyah, Syauqiyah, Rushaifah, Awali serta Ka'kiyah. Dan itu sudah paling bagus untuk ditempati jemaah haji Indonesia.

Di tahun yang sama, Menteri Agama saat itu, Maftuh Basyuni melakukan kunjungan kerja ke Arab Saudi untuk melihat persiapan musim haji. Maftuh tidak kuasa menahan tangis karena tidak menyangka pemondokan jemaah haji sampai sejauh ini.

Pemilihan pemondokan ini akibat dari perluasan besar-besaran Masjidil Haram oleh pemerintah Arab Saudi, yang mengakibatkan harga-harga pemondokan di seputaran Masjidil Haram melambung tinggi.

Melihat kondisi seperti itu, akhirnya Maftuh memerintahkan menyediakan bus untuk mengantarkan jemaah ke Masjidil Haram pulang dan pergi. Singkat cerita, akhirnya pemerintah menyewa 600 bus dengan konsekuensi yang terbilang apa adanya, tidak punya sistem, dan tidak punya petugas.

"Sampai akhirnya Pak Maftuh memerintahkan untuk menyediakan bus, enggak punya sistem, enggak punya petugas dan enggak punya gambaran apapun lah, pokoknya asal nyewa aja, perintah itu sebelum jemaah datang, begitu jemaah datang sewa bus lah, 600 bus," ujar Kepala Bidang Transportasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Subhan Cholid saat bercerita mengenang perjalanan bus salawat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Tempat Pemberhentian Bus

Layanan bus salawat jemaah haji Indonesia segera berakhir. (Dream/Maulana Kautsar)

Subhan menceritakan, karena bus salawat belum memiliki sistem, maka ini berdampak pada jemaah juga, yang mengakibatkan tidak ada juga sistem yang mengharuskan jemaah naik dan turun di suatu tempat pemberhentian yang telah ditetapkan.

Terkadang belum sampai tujuan, jemaah sudah diturunkan di tanah kosong. Yang lebih parahnya lagi, saat mereka mau pulang ke pemondokan setelah beribadah di Masjidil Haram, tempat mereka diturunkan tadi sudah ditutup polisi.

"Karena enggak ada sistemnya, pengendaliannya seperti apa, naikkan jemaah dimana, nurunkan jemaah dimana, di jalan-jalan pada naik, di Haram pun diturunkannya bukan diterminal tapi di tanah kosong aja disitu, begitu jemaah mau pulang itu lapangannya udah ditutup sama polisi," kenang Subhan.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, akhirnya pada 2009 pemerintah Indonesia mulai menjajaki kerjasama dengan Muasassah (Organisasi yang bertugas dan bertanggung jawab melayani akomodasi, transportasi bimbingan ibadah haji dan pelayanan umum dalam musim haji dan umrah) untuk layanan angkutan jemaah haji.

Dari kerjasama dengan Muasassah ini, jemaah Indonesia mendapatkan penyewaan bus dari Syarikah Abu Sarhad. Abu Sarhad merupakan salah satu Syarikah (perusahaan bus) yang mempunyai banyak armada bus dan saat itu Indonesia mendapatkan jumlah yang banyak. Karena saat itu memang tidak tersedianya anggaran untuk menyewa bus setara Saptco, Rawahil, Dalah, dan sebagainya.

"Abu Sarhad ini busnya tua-tua dan enggak berkualitas tapi armadanya banyak, kita dapatnya juga banyak. Walaupun sebenarnya waktu itu sudah ada Saptco, Rawahil, dan lain-lain, tapi anggarannya belum ada untuk menyewa bus tersebut," tutur Subhan.

 

Libatkan Kementerian Perhubungan

Halte bus salawat untuk jemaah haji Indonesia. (www.haji.kemenag.go.id)

Untuk mendapatkan pengalaman dan ilmu, Kementerian Agama pada 2010 mulai melibatkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Sebagai instansi yang bertanggung jawab pada sektor transportasi publik, Kemenhub dapat membagi ilmunya.

Ilmunya adalah untuk membuat suatu sistem pengendalian transportasi dalam dan luar kota yang akan diterapkan di Arab Saudi. Dari kerjasama itu dirintislah suatu sistem untuk membuat rute sederhana sampai 2012.

"Dari Kerjasama dengan Kemenhub, maka didapatlah ilmu tentang sistem pengendalian angkutan dalam dan luar kota, mulai dari situ dirintis untuk membuat rute yang masih sederhana sampai 2012," kata Subhan yang juga menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Transportasi Darat Kemenag ini.

Setelah mempunyai suatu sistem pengendalian, pada 2013 mulai dibentuk tim transportasi secara mandiri yang diketuai oleh Arsyad Hidayat (Kadaker Bandara saat ini) dan selanjutnya pada tahun 2014 diketuai oleh Subhan Cholid.

Menurutnya, saat ini secara sistem mulai dari pengendalian dan pengawasannya sudah sangat mapan. Saat ini, kata Subhan, yang menjadi tantangan baginya adalah memenuhi kenyamanan jemaah, dalam arti yang diinginkan jemaah itu agak sulit karena dalam satu waktu seluruh jemaah ingin ke satu tujuan secara bersama-sama.

"Kalau kita bikin rasio diperkecil dari 450 jemaah ke 250 jemaah itu malah enggak bisa jalan, karena semakin banyak bus di jalan kan semakin macet. Yang kedua juga enggak bisa nampung," kata Subhan.

 

Pembagian Terminal Bus

Bus salawat mulai kembali beroperasi. (www.kemenag.go.id)

Selain itu, lanjut Subhan, untuk pembagian terminal juga ada aturannya, yaitu jemaah yang tinggal di wilayah tertentu disesuaikan dengan terminalnya, dan semuanya sudah diatur dalam pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah Arab Saudi. Begitu juga dengan rasio pembagian busnya.

Sedangkan untuk menentukan syarikah busnya yang dilakukan sebelum pelaksanaan musim haji, pemerintah Indonesia yang dalam hal ini Kemenag menerjunkan tim transportasi ke Arab Saudi untuk membuka tender penyediaan transportasi jemaah haji antara lain angkutan dalam dan luar kota, angkutan salawat serta angkutan masyair (Arafah-Muzdalifah-Mina).

"Jadi ada aturannya itu ada pedomannnya, kita sewa juga enggak sembarangan sudah diatur juga rasio pembagian busnya, untuk menentukan syarikah busnya kita membuka tender, silahkan mendaftar nanti kita pilih, kita bikin persyaratannya," jelas Subhan.

Berikut rute yang dilayani bus salawat:

1. Aziziah Janubiah-Jamarat

2. Aziziah Syimaliah 1-Jamarat

3. Aziziah Syimaliah 2-Jamarat

4. Jamarat-Mahbas Jin-Bab Ali

5. Syisyah-Syib Amir

6. Syisyah-Raudhah-Syib Amir

7. Syisyah 1-Syib Amir

8. Syisyah 2-Syib Amir

9. Raudhah-Syib Amir

10. Biban/Jarwal-Syib Amir

11. Misfalah-Jiad

12. Rea Bakhsy-Jiad

Jemaah yang mendapatkan layanan bus salawat adalah jemaah haji yang menempati pemondokan pada wilayah dengan jarak diatas 1.500 m dari Masjidil Haram.

Kemudian ada juga wilayah dengan jarak dibawah 1.500 m yang mendapatkan layanan angkutan salawat antara lain Jarwal (1 Hotel), Misfalah (3 Hotel), serta Rea Bakhsy (11 Hotel).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-19, Lawan Thailand di Laga Perdana

Posted: 20 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - PSSI Anniversary akan jadi ajang pemanasan bagi Timnas Indonesia U-19 sebelum tampil di Piala AFC U-19 2018. Pada laga perdana yang dihelat di Stadion Pakansari, Indonesia akan menghadapi tantangan Thailand.

PSSI Anniversary adalah turnamen segitiga yang khusus dimanfaatkan Timnas Indonesia U-19 sebelum bertempur di Piala AFC U-19. Lawan-lawan yang akan dihadapi anak asuh Indra Sjafri itu pun cukup berbobot, yakni Thailand dan Tiongkok.

Timnas Indonesia U-19 akan menjalani laga perdananya dengan melawan Thailand pada Minggu (23/9/2018). Setelah itu, laga terakhir akan dilakoni skuat Garuda Nusantara dengan menghadapi Tiongkok, Selasa (25/9/2018).

Ini adalah rangkaian persiapan dari Timnas Indonesia U-19 agar mendapatkan peak performance saat Piala AFC U-19 berlangsung pada 18 Oktober-4 November 2018. Target Timnas U-19 adalah menembus semifinal agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 2019.

 

Jadwal PSSI Anniversary

Jumat, 21 September 2018

18.30 WIB: Tiongkok vs Thailand

Minggu, 23 September 2018

18.30 WIB: Indonesia vs Thailand

Selasa, 25 September 2018

18.30 WIB: Indonesia vs Tiongkok

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AP II Kini Kelola Bandara Hanandjoeddin di Belitung

Posted: 20 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura II (Persero) menandatangani perjanjian rencana kerja sama Pengalihan Pengelolaan Bandar Udara (Bandara) Internasional H AS Hanandjoeddin di Belitung. Sebelumnya, bandara itu dikelola Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Kenapa ini menjadi penting, karena ini sesuai instruksi dari Kementerian BUMN dan Menteri Perhubungan. Semoga tiga bandara ini (Bandara Fatmawati Soekarno, Tjilik Riwut, dan Hanandjoeddin bisa diselesaikan pada akhir 2018," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaludin di Hotel Mercure, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dia menuturkan, pembiayaan investasi non-anggaran pemerintah (PINA) akan menjadi pendukung AP II untuk pengembangan sejumlah bandara kelolaannya. Ini termasuk untuk Bandara Internasional H A Hanandjoeddin.

"Kami sudah MoU dengan PINA bahwa PINA sekaligus sebagai institusi percepatan proyek siap masuk dalam pembiayaan support. PINA harapannya bisa carikan kita alternatif pembiayaan atau paket konstruksi," ujarnya.

Plt Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Praminto Hadi mengatakan, MoU ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kinerja bandara di Indonesia. Termasuk diantaranya memperbanyak rute-rute penerbangan.

"Saya yakin alih kelola ini akan diikuti dengan modernisasi bandara karena persoalan customer satisfaction itu merupakan hal penting bagi AP II," ungkapnya.

Sementara itu, Praminto menjelaskan, dengan rencana pengelolaan Bandara Hanandjoeddin oleh AP II itu akan membawa banyak manfaat. Salah satunya dalam hal pengoperasian.

"Ini challenge untuk teman-teman agar dapat mengelola bandara secara agresif. Ini juga akan menambah kesejahteraan," ungkapnya.

Lebih lanjut Awaludin menuturkan, AP II selaku operator akan memperluas bandara tersebut dengan menambah landasan pacu (runway). "Makanya akan kami lakukan perluasan seperti tambah panjang, runway dan juga overlay," tandasnya.

Genjot Pariwisata, AP II Bangun Balai Ekonomi Desa di Magelang

PT Angkasa Pura II (Persero) kembali membuktikan komitmennya untuk mendukung pariwisata dengan meresmikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tegalarum.

PT Angkasa Pura II (Persero) turut meningkatkan pariwisata sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Magelang.

Salah satunya dengan meresmikan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Tegalarum, yang berlokasi di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ini menunjukkan komitmen Angkasa Pura II hadir untuk negeri melalui dukungan upaya peningkatan ekonomi di pedesaan.

Balai Ekonomi Desa merupakan program Kementerian BUMN yang diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat desa khususnya di wilayah Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Sesuai target pemerintah mendatangkan wisatawan mancanegara sebanyak dua juta orang di Kawasan Borobudur dan sekitar wilayah Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang) pada 2019. 

Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero), Muhammad Awaluddin menyambut dengan antusias atas realisasi pembangunan Balkondes yang berjarak 3 km dari Candi Borobudur ini. Awaluddin menjelaskan, hadirnya Balkondes ini merupakan langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk menunjukkan potensi-potensi lokal yang dapat meningkatkan perekonomian warga setempat. 

"Program Balai Ekonomi Desa ini merupakan program Kementerian BUMN dalam rangka mendukung program pemerintah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisman yg ditargetkan mencapai 20 juta wisatawan pada tahun 2019," kata Awaluddin dalam keterangan tertulis, Sabtu (8/9/2019).

Balkondes dibangun untuk meningkatkan pariwisata di magelang khususnya mengangkat kawasan wisata Candi Borobudur. Selain itu, langkah awal bagi warga Desa Tegalarum untuk unjuk gigi memperkenalkan potensi-potensi daerah.

Awaluddin berharap apa yang dikobtribusikan Angkasa Pura II bisa membawa kemajuan tidak hanya dari sisi ekonomi melalui pengembangan kegiatan UMKM tapi juga konsep berpikir untuk selalu menjadi daerah yang lebih baik.

Sejak dilakukannya prosesi peletakan batu pertama pada April 2018, Angkasa Pura II turut melibatkan warga sekitar untuk berpartisipasi dalam membangun Balkondes Tegalarum. 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Suvenir Parfum hingga Cincin Emas 24 Karat di Konser Syahrini

Posted: 20 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat tiket konser Syahrini yang berharga fantastis, mencapai Rp 25 juta? Ternyata ada kejutan dari sang artis untuk penonton konser "Journey of Syahrini "yang membeli tiket kategori 'Incess Seat' tersebut. 

Para penonton konser Syahrini ini mendapatkan suvenir mulai dari parfum hingga cincin emas 24 karat

"Isinya ya, ada emas 24 karat, cincin, dari saya. Mas asli ya 24 karat ada scarf saya ya Incess Syahrini. Ada perfume Incess Syahrini, ada merchandise," kata Syahrini di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

Barang-barang yang dibagikan dalam konser Syahrini ini, disebut-sebut sangat eksklusif. 

"Ini boksnya sangat eksklusif dan ini paling berharga ini tanda mata daripada Syahrini untuk mereka. Ini seperti acara perkawinan. Mungkin sudah tanda-tanda. Amin ya pemirsa, haha," katanya.

Apresiasi

Suasana konser Journey of Syahrini di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (20/9). Penyanyi berusia 36 tahun, Syahrini membawakan 19 lagu seperti Bohong, Tatapan Cinta dan Jangan Memilih Aku feat Rendy Pandugo. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Syahrini menyebutkan bahwa alasannya memberikan suvenir mewah ini, adalah sebagai tanda terima kasih. 

"Kenapa saya ingin memanjakan yang membeli tiket Rp 25 juta karena mereka mereka inilah yang ternyata mengapresiasi tinggi karya saya, kiprah saya sampai 10 tahun ini. Ternyata ada juga orang Indonesia yang luar biasa dan saya ingin bertemu nanti di panggung," tutur dia.

Tak Tahu Siapa yang Membeli

Penyanyi Syahrini saat konser Journey of Syahrini di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Kamis (20/9). Konser dengan #10tahunJambulKatulistiwa merupakan perayaan 10 tahun kiprah Syahrini di dunia musik. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Meski terbilang berharga fantastis, tetap saja tiket konser Syahrini di kategori Incess Seat ini habis dibeli orang. Hanya saja, penyanyi kelahiran Bogor itu tidak tahu siapa saja orang yang membeli tiket tersebut. Namun, dia berharap ada salah satu temannya yang membeli tiket kategori Incesss Seat itu.

"Oh ini yang membeli. Semoga salah satunya ada temen saya mungkin ya. Saya enggak tahu, enggak dikasih tahu oleh manajemen dan promotor," tandasnya. (Kapanlagi.com/ Galuh Esti Nugraeni)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Diapit Dua Tol, Narogong Diprediksi Jadi CBD

Posted: 20 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta – ​Kota Bekasi yang kerap dijuluki 'planet' karena tingkat kemacetannya ternyata menyimpan prospek properti menjanjikan. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan pesatnya perkembangan proyek perumahan baru dari developer lokal hingga internasional.

Infrastruktur yang gencar dibangun memang menjadikan Bekasi lahan empuk berinvestasi. Sebut saja diantaranya proyek tol layang Jakarta – Cikampek II, kereta rel listrik (KRL) rute Jakarta Kota – Cikarang, sampai dengan kereta LRT Jabodetabek Bekasi – Dukuh Atas.

Menariknya lagi, kawasan Kalimalang di Bekasi direncanakan untuk dikembangkan serupa dengan Sungai Cheonggeyecheonn, Seoul, Korea Selatan.

Tak hanya itu, Bekasi juga bersiap menyambut tol JORR 2 ruas Cimanggis – Cibitung dan Tol Japek (Jakarta – Cikampek) Selatan yang menghubungkan Jatiasih ke Purwakarta. Kedua jalan tol tersebut akan beririsan dengan jalan arteri primer di Bekasi Selatan, yakni jalan Raya Narogong, sehingga menjadikan kawasan ini berpotensi untuk berkembang dengan secara pesat.

(Cek Rumah.com Property Index untuk mencari tahu tren kenaikan harga rumah per kuartal di berbagai lokasi favorit)

Membentang sepanjang 12km dari Bekasi Utara ke arah Cibubur, Jalan Raya Narogong akan memiliki akses pintu tol ke JORR 2 di kawasan Cileungsi dan Japek Selatan di Bantar Gebang.

Hal tersebut semakin mengukuhkan keyakinan bahwa suatu saat wilayah Bekasi Selatan, khususnya Narogong, akan berkembang menjadi kawasan pusat bisnis dengan gedung-gedung bertingkat.

"Jika dibayangkan, area premium di Narogong akan berada di antara dua jalan tol JORR 2 dan Japek Selatan layaknya jalan Casablanca di Jakarta, yang menghubungkan Sudirman dengan Rasuna Said kuningan," papar Ardzuna Sinaga, Direktur Urban+​, konsultan yang tengah mengerjakan proyek revitalisasi area Narogong. 

Ia menambahkan, "Dengan traffic dari dua jalur tol, maka paling tidak dalam 5 sampai 10 tahun ke depan, Narogong akan menjelma menjadi kawasan bisnis terpadu baru di Kota Bekasi. Lantaran Narogong akan menjadi satu-satunya wilayah di Jabodetabek yang memiliki dua akses pintu tol dengan jarak sedekat itu."

Tak pelak menurutnya, koridor strategis Narogong memerlukan perencanaan transportasi dan infrastruktur yang komprehensif.

(Mau beli rumah? Simulasikan dulu cicilan rumahnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Di sisi lain, sejumlah investor termasuk pengembang properti menyambut positif pembangunan dua jalur tol yang mengapit Narogong. Salah satunya Gunasland, pengembang kawasan terpadu seluas 140 hektare Vida Bekasi yang berlokasi di Narogong.

Edward Kusma, Direktur Vida Bekasi menjelaskan, proyeknya tengah bersiap menyambut hadirnya akses tol ke wilayah ini.

"Sambutan positif kami tunjukkan dengan menyiapkan area khusus seluas 15 hektare untuk ​town center Vida Bekasi. Pusat keramaian ini akan terintegrasi dengan ruang publik di tepi danau buatan. Konsepnya, ingin mewadahi beragam aktivitas publik sehingga akan dilengkapi ​lifestyle center, rumah sakit, kampus, pusat kesenian, perkantoran, hotel hingga apartemen," katanya.

Pembangunan ​town center sejalan dengan konsep penyebaran intensitas aktivitas dan pembangunan, yang akan mendorong Bekasi menjadi kawasan yang terintegrasi dan berkelanjutan.

Kunjungi Review Properti dari Rumah.com yang disajikan secara obyektif dan transparan, sehingga Anda dapat menilai spesifikasi material hunian, rencana pembangunan infrastruktur di sekitar lokasi, hingga perbandingan harga dengan hunian lain di sekitarnya.

Erwin Guwinda selaku Kepala Bidang Perencanaan Dinas Tata Ruang Kota Bekasi mengungkapkan, "Narogong di masa depan secara teori​the trade follow the ship, di mana ada transportasi, perdagangan pasti tumbuh. Dalam konteks ini, pertumbuhan ruang kota baru selain komersial dan juga hunian sangat dibutuhkan."

Menurutnya, pembangunan CBD di Narogong harus memperhatikan aspek lingkungan. CBD di Narogong sebaiknya tidak dibangun secara masif, misalnya dengan memberi batasan ketinggian bangunan maksimal 20 lantai, serta luasan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Narogong diharapkan melengkapi kawasan bisnis lain, namun kali ini harus dengan penataan yang lebih baik untuk utilitas maupun drainase," tukas Erwin.

Sesuai data yang dilansir dari situs resmi Jasa Marga, Tol JORR 2 ruas Cimanggis – Cibitung ditargetkan beroperasi akhir tahun 2019. Sedangkan tol Japek saat ini sudah masuk tahap penetapan lokasi, dan akan memulai konstruksi di daerah Sadang, Purwakarta di tahun 2019.

Manfaatkan event DealJuara, Pameran Properti Online Terbesar di Indonesia yang digelar Rumah.com mulai 20 Juli sampai 30 September 2018, dengan beragam penawaran menarik mulai dari DP 0%, cash back, gratis biaya KPR, hingga diskon Rp135 juta!

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Jadwal Tahapan Pemilu Usai Pengambilan Nomor Urut Capres-Cawapres

Posted: 20 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Malam nanti akan dilakukan pengambilan nomor urut calon presiden dan wakil presiden. Hal ini mengawali jadwal kampanye capres-cawapres serta peserta pemilu lainnya.

Berdasarkan jadwal resmi Pemilu 2019, kampanye capres-cawapres serta calon anggota DPR, DPD dan DPRD akan dimulai pada 23 September 2018. Kemudian berakhir pada 13 April 2019.

Hasil rapat KPU menetapkan dua calon presiden dan wakil presiden, yaitu Joko Widodo-Ma'ruf Amin Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berikut adalah tahapan penyelenggaraan Pemilu 2019 usai pengambilan nomor urut capres-cawapres pada 21 September 2018.

23 September 2018-13 April 2019

Masa kampanye calon angota DPR, DPD dan DPRD serta pasangan calon presiden dan wakil presiden

22 September 2018-2 Mei 2019

Laporan dan audit dana kampanye

14 April 2019-16 April 2019 

Masa tenang.

8 April 2019-17 April 2019

Masa pemungutan dan perhitungan suara

18 April 2019 

Rekapitulasi perhitungan suara

25 April 2019-22 Mei 2019

Rekapitulasi dan penetapan hasil pemilu tingkat nasional

20 Oktober 2019

Jadwal sumpah dan janji pelantikan presiden/wakil presiden

Pengundian Nomor Urut

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan proses pengundian nomor urut calon Presiden dan Wakil Presiden RI pada Jumat (21/9/2018) malam.

"Pengundian nomor urut dijadwalkan pukul 20.00 WIB," ujar Ketua KPU RI Arief Budiman di Jakarta, Kamis malam seperti dikutip dari Antara.

Proses pengundian nomor urut ini diawali dengan pengambilan nomor gilir. Pasangan yang mendapatkan nomor gilir lebih kecil, diberikan kesempatan mengambil nomor urut lebih dulu.

Namun untuk membuka nomor urut itu akan dilakukan kedua pasangan kandidat secara bersamaan.

KPU telah menetapkan dua pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2019, yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno.

Dari informasi yang diterima wartawan, pasangan Jokowi-Ma'ruf bersama pemimpin partai pengusung dan pendukung akan berkumpul lebih dulu di Tugu Proklamasi sebelum bertolak bersama-sama ke KPU RI.

Sementara itu, Prabowo-Sandiaga bersama pemimpin partai koalisi akan bertolak dari kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, menuju KPU RI. Adapun para relawannya akan berkumpul lebih dulu di Masjid Sunda Kelapa sebelum menuju KPU RI.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mal Pelayanan Publik Diharapkan Beri Angin Segar Investasi

Posted: 20 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin menegaskan, kehadiran Mal Pelayanan Publik (MPP) di berbagai daerah di Indonesia harus memberikan manfaat kepada masyarakat.

Sebagai tempat pelayanan yang memberi kemudahan serta kecepatan, MPP juga diharapkan memberi angin segar pada iklim investasi.

Syafruddin mengatakan, dengan potensi Batam sebagai kota tujuan investasi, kehadiran MPP harus dapat memberikan dampak signifikan bagi terciptanya pelayanan yang semakin mudah diakses masyarakat.

"Pelayanan yang mudah dan cepat itulah kunci dan esensi pembangunan Mal Pelayanan Publik," ujar Menteri Syafruddin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/9/2018).

Dengan hadirnya kualitas pelayanan, MPP Batam dapat menggerakkan sendi sendi perekonomian masyarakat serta menghidupkan gelora perkembangan kota. Dengan tujuan akhir demi membangun kemajuan bagi masyarakat.

Sejalan dengan upaya mempercepat pembangunan nasional, diperlukan sebuah landasan stabilitas ekonomi nasional yang kuat. Untuk itu, pilar-pilar ekonomi di setiap daerah juga harus kuat.

Hal itu bertumpu pada masuknya investasi ke Indonesia dan iklim perekonomian yang sehat, serta kemudahan berusaha atau Ease of Doing Business (EODB).

Untuk percepatan EODB, lanjut mantan Wakapolri ini, dibutuhkan pelayanan publik yang makin mudah, biaya ringan, serta tidak berbelit.

Hal tersebut dapt diwujudkan pada penyelenggara pelayanan pada instansi pemerintah, melalui MPP yang merupakan penggabungan antara pelayanan instansi pusat dengan pemerintah daerah, serta BUMN/BUMD.

Dia juga mengapresiasi semua pihak, baik Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, Pemkot Batam, BP Batam, Kementerian dan Lembaga, BUMN/BUMD, serta swasta, yang berkomitmen dalam pembentukan MPP. "Semoga dapat memberikan pelayanan publik yang mudah, cepat, nyaman, serta berkelanjutan," pungkasnya.

300 Ribu Aduan Soal Layanan Publik Masuk Lewat Aplikasi LAPOR!

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N).

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terus melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!). Aplikasi tersebut merupakan wadah bagi masyarakat untuk mengadukan persoalan pelayanan publik yang dihadapi, termasuk yang ditemui pada saat mudik Lebaran 2018.

Dalam penerapannya, aplikasi tersebut kini sudah diintegrasikan dengan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N), sehingga turut dikenal dengan nama aplikasi SP4N-LAPOR!

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PANRB, Herman Suryatman melaporkan, hingga akhir Mei 2018 pihaknya telah menerima lebih dari 300 ribu pengaduan yang masuk melalui kanal LAPOR!

"Pengaduan yang sudah ditindaklanjuti mencapai 85 persen. Sisanya masih dalam proses. Yang paling banyak diadukan adalah masalah BPJS, KK dan KTP Elektronik, Subsidi listrik, serta perkara bantuan sosial," ungkap dia dalam sebuah keterangan resmi, Kamis (14/6/2018).

Lebih lanjut ia menerangkan, LAPOR! adalah aplikasi jitu untuk rakyat mengadu. Melalui platform LAPOR!, masyarakat bisa berkeluh kesah serta menyampaikan aspirasi dan pengaduan kapan dan di mana saja secara online.

"Pemerintah melalui instansi terkait akan langsung merespon dan menindaklanjutinya secara cepat," ujar dia.

Dia menjelaskan, respons pertama dari penyelenggara pelayanan publik wajib diberikan paling telat 3 hari, yakni berupa informasi status pengaduan yang telah disalurkan.

Untuk kategori aduan berupa permintaan informasi dan keluhan, wajib diberikan paling telat 5 hari.

Sedangkan untuk aduan yang berupa sengketa dan pelanggaran tanpa memerlukan pemeriksaan lapangan, harus diselesaikan selama 14 hari.

Sementara bagi pengaduan yang membutuhkan pemeriksaan lapangan, memakan waktu lebih panjang dengan yakni paling lambat harus dituntasikan 60 hari.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Manfaat Cuka Apel yang Bisa Membantu Menghilangkan Ketombe

Posted: 20 Sep 2018 09:31 PM PDT

Jakarta Tak percaya diri dan lelah dengan segala permasalahan rambut seperti lepek, berminyak, dan ketombe? Penampilan pun menjadi kurang menarik dengan adanya segala permasalahan ini. 

Ada baiknya ketombe harus cepat diatasi sebelum semakin parah. Menghilangkan ketombe juga bisa dengan cara yang mudah dan dengan bahan alami. Tidak selalu harus menggunakan produk yang mahal, melainkan dengan melakukan perawatan alami secara rutin dengan cuka apel.

Cuka apel sendiri bersifat antijamur dan antibakteri yang bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Cuka sangat ampuh untuk membunuh jamur penyebab ketombe dan secara efektif bisa meredakan permasalahan rambut lain.

Tahapan perawatan rambut dengan cuka apel

Ilustrasi Foto Cuka Apel (iStockphoto)

1. Basuh seluruh rambut dengan cuka apel, dipastikan permukaan kulit kepala dan rambut terkena cuka apel secara merata.

2. Diamkan selama 15 menit. 

3. Bilas rambut dengan sampo hingga bersih dan bau dari cuka apel yang menyengat bisa hilang.

4. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa lakukan cara ini rutin seminggu dua kali sebelum keramas.

Sumber: Fimela.com

Penulis: Ega M.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jurus Pamungkas Padamkan Kebakaran Gunung Sumbing

Posted: 20 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Temanggung - Kebakaran Gunung Sumbing telah memasuki pekan kedua. Selama tiga hari berturut-turut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan helikopter untuk memadamkan api yang menyala-nyala.

Perlahan tapi pasti, api mulai bisa dikendalikan. Titik api yang semula ada di lima lokasi secara signifikan turun hanya menjadi dua titik.

Sayangnya, water bombing yang dilakukan sejak Rabu lalu tak semaksimal yang diharapkan. Kabut tebal membuat jarak pandang pilot di Gunung Sumbing terganggu. Operasi dari udara pun mesti dihentikan.

Jika tak ada aral melintang, Kamis, 20 September 2018, adalah hari terakhir operasi pemadaman api dari udara. Helikopter Kamov pun diterbangkan dari Semarang ke Temanggung untuk melaksanakan misi terakhir ini.

Tetapi, lagi-lagi kabut tebal menganggu penerbangan. Pilot tak leluasa memantau keberadaan titik api yang kini tinggal kepulan asap. Penerbangan dalam kondisi ini tentu juga membahayakan pesawat.

 

"Saya kira, hari ini (Operasi water bombing) sepertinya tidak bisa, Pak. Karena ini ada kabut. Yang mudah-mudahan api sudah mengecil,"kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana Harian BPBD Temanggung, Gito Walngadi, Kamis, 20 September 2018.

Akan tetapi, petugas gabungan tak menyerah. Pantauan menunjukkan titik api kebakaran Gunung Sumbing sudah mengecil dan tinggal kepulan asap usai operasi water bombing dengan Helikopter Kamov selama tiga hari berturut-turut.

Mereka ingin segera menyudahi kebakaran yang telah merepotkan BPBD lokal, provinsi, hingga daerah. Bahkan, saking besarnya pemadaman, petugas gabungan lintas lembaga pun mesti diterjunkan.

Untuk itu, petugas dan relawan terus menyisir titik api di lereng Gunung Sumbing. Penyisiran dan mungkin pemadaman, bakal digelar hingga sepekan ke depan, Kamis, 27 September 2018.

"Hari ini (titik api) tidak terpantau. Sukur-sukur titik api sudah tidak ada. Itu harapan kami," ujarnya, menerangkan kondisi terakhir kebakaran Gunung Sumbing.

Ratusan Relawan Sisir Kebakaran Gunung Sumbing

Jalur pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. (Liputan6.com/BPBD Wonosobo/Muhamad Ridlo)

Dia mengungkapkan, pada Rabu lepas siang, saat kabut mulai turun dan menyudahi operasi pengeboman dengan air, dua titik api yang masih terdeteksi pada Rabu berada di kawasan yang sama, yakni petak 20-1 KPH Perhutani Temanggung.

Namun, yang nampak adalah kepulan asap, bukan api. Kondisi Gunung Sumbing yang berkabut pun ternyata masih terjadi hingga Kamis sehingga menyulitkan pantauan udara.

Sebab itu, BPBD Temanggung kini hanya mengandalkan pemantauan hasil penyisiran relawan yang berada di lapangan. Hingga siang, belum ada tim relawan yang melaporkan keberadaan titik api.

"Artinya, titik api itu sudah mati 100 persen atau belum. Jadi hari ini penyisiran juga. Ini penyisiran belum kontak ke kita. Kalau titik api sudah mengecil," dia menegaskan.

Meski demikian, ia juga memastikan bahwa api Gunung Sumbing wilayah Wonosobo telah padam. Usai operasi water bombing, lereng Sumbing wilayah Wonosobo diguyur hujan.

Akan tetapi, hujan yang diharapkan turun di Temanggung tak terjadi. Rabu malam, hanya gerimis yang turun di Wonosobo.

Menurut Gito, gerimis ini dinilai tak mampu memadamkan api yang tersisa. Sebab itu pemadaman akan tetap mengandalkan water bombing dan pemadaman secara manual oleh petugas dan relawan gabungan yang menyisir lereng Sumbing.

Mengingat potensi kebakaran yang masih tinggi, ia melarang warga membersihkan lahan dengan api. Ia juga mengimbau agar warga berhati-hati saat melakukan aktivitas kecil yang berisiko, seperti membuang putung rokok yang masih menyala di kawasan yang mudah terbakar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Iran Intip Kekuatan Timnas Indonesia U-16 Lewat YouTube

Posted: 20 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Ketua Komite Sepak Bola Usia Dini Asosiasi Sepak Bola Iran (FFIRI), Fereydoun Mouini, optimistis Iran bisa menekuk Timnas Indonesia U-16 di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Jumat (21/9/2018) pada laga perdana Grup C Piala AFC U-16.

Mouini sangat yakin lantaran tim asuhan Abbas Chamanian itu punya banyak informasi mengenai kekuatan dan kelemahan Timnas Indonesia U-16. Mereka mendapatkannya dari banyak rekaman penampilan Garuda Asia yang terdapat di situs berbagi video, YouTube. 

Sementara Garuda Asia sendiri justru sebaliknya. Tim pelatih Timnas Indonesia U-16 kesulitan mendapat informasi mengenai Iran. Minimnya rekaman penampilan Timnas Iran U-16 di YouTube semakin membuat Garuda Asia buta kekuatan lawannya. 

"Tim kami sedang dalam kondisi terbaik. Ada atmosfer luar biasa dalam tim, hubungan yang akrab antar-pemain, dan saya pikir kami punya semuanya untuk meraih target yang diinginkan (kemenangan atas Timnas Indonesia U-16)," ujar Mouini, dikutip dari situs resmi FFIRI.

Selain melawan Timnas Indonesia U-16, Iran yang tergabung di Grup C juga akan menghadapi India dan Vietnam di Piala AFC U-16.

"Kami punya pengetahuan bagus tentang lawan. Kami akan menghadapi Vietnam, Timnas Indonesia U-16, dan India. Melihat latar belakang tim-tim ini, kami seharusnya mendapatkan perlawanan yang ringan, tanpa bermaksud meremehkan mereka," ujar Mouini.

Ambisi Iran

Iran diprediksi bakal menjadi lawan tersulit Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC U-16 2018. (dok. FFIRI)

Mouini melanjutkan, Iran punya target menjadi juara Piala AFC U-16 2018. Dua tahun sebelumnya, mereka menjadi runner up setelah kalah adu penalti dari Irak pada babak final.

"Para pemain kami termotivasi untuk menunjukkan kemampuan dalam kompetisi ini. Tapi selain berusaha merebut gelar, kami juga harus menunjukkan sepak bola dan penampilan bagus di kompetisi ini," katanya.

"Kami punya tim bagus dan saya berharap kami bisa meraih target di kompetisi ini," ucap Mouini mengakhiri.

 

Jadwal Pertandingan

15.30 WIB Iran vs Timnas Indonesia U-16

Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur

Live: MNC

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ceraikan Angel Lelga, Vicky Prasetyo Mewek di Pengadilan

Posted: 20 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keputusan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga untuk berpisah tampaknya sudah bulat. Didampingi kuasa hukumnya, Vicky Prasetyo mengajukan permohonan talak cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

Namun, ada pemandangan menarik tatkala Vicky Prasetyo hendak mengajukan permohonan cerainya terhadap Angel Lelga. Tangis pria 34 tahun itu mendadak pecah di hadapan sejumlah awak media.

"Bismillahirrahmanirrahim.. Hari ini saya akan gugat cerai istri saya," ujar Vicky Prasetyo seraya menangis. Seperti terlihat di sebuah tayangan infotainment.

Di usia pernikahannya yang baru berjalan delapan bulan, Vicky Prasetyo mengaku sering ribut dengan Angel Lelga. Keduanya pun sudah sebulan terakhir tidak lagi tinggal satu atap.

Introspeksi

Angel Lelga dan Vicky Prasetyo [foto: instagram.com/angellelga]

Keputusan untuk pisah rumah itu semata-mata dilakukan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga untuk mencegah keributan yang lebih besar. Selama itu, keduanya juga diberi kesempatan untuk saling introspeksi diri.

"Untuk keduanya sama-sama introspeksi, keduanya pun sudah pisah rumah sementara. Vicky tinggal di daerah Bekasi, Jawa Barat, dan Angel Lelga di Jakarta Selatan," ujar kuasa hukum Vicky, Marlon.

Kontrak Habis?

Vicky Prasetyo dan Angel Lelga (Instagram/vickyprasetyo777)

Kabar perceraian ini kembali memunculkan spekulasi negatif soal pernikahan Vicky dan Angel yang disebut-sebut rekayasa. Bahkan, perceraian ini diduga terjadi lantaran kontrak menikah mereka sudah habis.

Menanggapi kabar itu, Vicky menjelaskan, "Sekali lagi, demi Allah demi Rasulullah, pernikahan saya pernikahan sesungguhnya benar-benar di hadapan Allah. Masjid Istiqlal masih jadi saksi, tidak ada kepentingan apa pun dalam area ini, terserah semua bagaimana mau menyikapinya."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Facebook Dituding Diskriminasi Saat Pasang Iklan Lowongan Kerja

Posted: 20 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook dan 10 pemasang iklan digugat oleh kelompok pekerja di Amerika Serikat (AS) karena dinilai memasang iklan lowongan kerja yang diskriminasi terhadap jenis kelamin. Iklan pekerjaan yang dipermasalahkan itu hanya bisa dilihat oleh pengguna laki-laki.

Dilansir The Guardian, Kamis (20/9/2018), kasus diskriminasi ini diangkat oleh tiga orang pekerja perempuan dan serikat pekerja Communications Workers of America, yang mewakili ratusan ribu pekerja perempuan.

Mereka mengklaim sebagian besar iklan yang menargetkan laki-laki berasal dari pemasang iklan di bidang dominan jenis kelamin yang sama, seperti kepolisian.

"Saya mendengar cerita tentang ketika orang mencari pekerjaan di iklan baris dan huruf besar bertuliskan, 'dibutuhkan bantuan - laki-laki atau 'dibutuhkan bantuan-perempuan'. Saya kaget menemukan bahwa diskriminasi ini masih terjadi, bahkan di online," tutur pencari kerja dan yang turut menggugat kasus ini, Linda Bradley.

Terlepas dari kasus ini, platform iklan berbayar Facebook juga telah dikecam. Pasalnya, platform iklan itu memungkinkan pengiklan untuk melakukan diskriminasi berdasarkan ras, asal kebangsaan, usia dan jenis kelamin.

Ada dugaan bahwa Facebook menyediakan iklan lowongan kerja dengan memungkinkan pengiklan bisa memilih siapa yang mereka inginkan berdasarkan usia dan jenis kelamin. Perusahaan menghasilkan uang dari iklan yang mengecualikan perempuan dan pekerja berusia lebih tua.

 

Pemerintah Bisa Larang Iklan Lowongan Kerja

Ilustrasi Foto Lowongan Kerja (iStockphoto)

Menargetkan iklan lowongan kerja berdasarkan jenis kelamin merupakan pelanggaran hukum di bawah Undang-Undang hak sipil, negara bagian dan federal.

Dalam keputusan Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) pada 1973, pengadilan memutuskan pemerintah bisa melarang iklan lowongan kerja yang mendiskriminasikan targetnya berdasarkan jenis kelamin.

"Internet tidak menghapus Undang-Undang hak sipil kita. Itu melanggar hukum jika seorang pemilik pekerjaan menggunakan Facebook untuk menolak iklan lowongan kerja bagi perempuan," ungkap pengacara di firma hukum hak-hak pekerja Outten & Golden, Romer-Friedman.

Ia melanjutkan, "Terakhir kali saya memeriksanya, Anda tidak harus menjadi pria untuk menjadi sopir truk atau petugas kepolisian. Namun, Facebook dan yang membuka lowongan kerja berperilaku seperti tahun 1950-an, sebelum Undang-Undang ketenagakerjaan federal melarang diskriminasi jenis kelamin."

Platform online umumnya tidak bertanggungjawab atas konten yang dibuat oleh orang lain. Namun, tuduhan tersebut menyatakan Facebook dapat bertanggungjawab secara hukum, karena bertindak sebagai perekrut yang menghubungkan pemilik lowongan kerja dengan calon karyawan.

Di sisi lain, pihak Facebook menolak keras ada diskriminasi di dalam layanannya.

"Tidak ada tempat untuk diskriminasi di Facebook, itu sangat dilarang dalam kebijakan kami dan selama setahun terakhir, kami memperkuat sistem untuk memberikan perlindungan lebih lanjut terhadap penyalahgunaan," demikian keterangan seorang juru bicara Facebook dalam keterangan resminya.

"Kami sedang meninjau keluhan dan berharap untuk membela praktik kami," ujarnya.

Liputan6.com Resmi Jadi Mitra Fact-Checking Facebook di Indonesia

Ilustrasi Facebook (AP Photo/Noah Berger, File)

Terlepas dari permasalah iklan lowongan kerja, Facebook baru saja mengumumkan perluasan kemitraan dalam program third-party fact-checking di Indonesia. Kali ini, raksasa media sosial itu bekerja sama dengan Liputan6.com, Tempo, dan Mafindo.

Ketiga mitra tersebut telah mendapatkan sertifikasi dari jaringan Internasional Pemeriksa Fakta independen. Ketiganya akan bergabung dengan mitra lain, seperti Tirto.id dan AFP.

Para mitra nantinya berperan untuk meninjau berita yang ada di Facebook, memeriksa fakta, termasuk menilai akurasi konten berita tersebut.

"Kami menyambut baik bergabungnya Liputan6.com, Tempo, dan Mafindo dalam program third-party-fact-checking untuk membantu verifikasi berita yang dilaporkan komunitas kami di Indonesia," tutur News Partnership Lead for Facebook Indonesia, Alice Budisatrijo

Fact-Checking Dapat Mengurangi Misinformasi

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Fact-checking merupakan bentuk komitmen untuk mengurangi penyebaran berita palsu di Facebook, terutama menjelang Pemilihan Umum 2019.

Nantinya, saat fact-checker menilai berita yang mengandung misinformasi, Facebook akan menurunkan visibilitas berita tersebut di News Feed untuk mengurangi penyebarannya.

Cara ini diharapkan dapat menghentikan penyebaran berita palsu dan mengurangi jumlah orang yang melihatnya.

Selain itu, halaman dan domain yang berulang kali menyebarkan berita palsu juga akan mengalami penurunan distribusi dan kehilangan kemampuan monetisasi.

Hingga saat ini, sebagian besar mitra fact-checking lebih fokus untuk meninjau artikel pada platform Facebook.

Namun, untuk mencegah penyebaran berita palsu dalam bentuk lain, Facebook juga membagi kemampuan meninjau foto dan video dari para fact-checker.

"Kami sadar hal ini akan menjadi komitmen jangka panjang karena taktik yang digunakan pelaku kejahatan selalu berubah. Karena itu, kami mengambil tindakan jangka pendek dan di saat yang sama berinvestasi dalam hal kemitraan, alat, dan teknologi," jelas Alice.

(Din/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ditabrak Truk, Motor Terbang ke Atap Rumah

Posted: 20 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebuah motor di Bogor, Jawa Barat terbang hingga ke atap rumah warga setelah ditabrak truk yang melaju kencang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Eks Anggota DPRD Lampung Terkait Suap Infrastruktur

Posted: 20 Sep 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan mantan anggota DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho, terkait kasus dugaan suap infrastruktur di Kabupaten Lampung Selatan. Agus yang sudah dijerat sebagai tersangka akan dimintai keterangan sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan.

"Saksi Agus Bhakti Nugroho (anggota DPRD Lampung) akan diperiksa untuk tersangka GR (Gilang Ramadhan)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Selain Agus, penyidik KPK juga akan memeriksa Kabid Pengairan Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan Syahroni dan karyawan PT 9 Naga Emas bernama Nusantara. Keduanya akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Zainudin Hasan, adik Ketua MPR Zulkifli Hasan.

"Penyidik juga akan memeriksa AA (Anjar Asmara-Kadis PUPR Lampung Selatan) sebagai tersangka kasus ini," kata Febri.

4 Tersangka

Dalam kasus ini KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur. Mereka adalah Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, Kadis PUPR Kabupaten Lampung Selatan Anjar Asmara, anggota DPRD Provinsi Lampung Agus Bhakti Nugraha, dan pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan.

Zainudin diduga menerima fee proyek sebesar 10 - 17 persen di Pemkab Lampung. Zainudin juga diduga mengarahkan agar semua pelaksana proyek di Dinas PUPR ditentukan melalui Agus Bhakti. Zainudin meminta agar Agus berkoordinasi dengan Anjar Asmara mengenai permintaan fee dari kontraktor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibunda Unggah Foto Anak, Alis Ayu Ting Ting Kecil Jadi Sorotan

Posted: 20 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ayu Ting Ting menjadi selebritas yang tak pernah lepas dari sorotan publik. Apa pun yang menyangkut nama pelantun "Sambalado" itu akan menjadi pembicaraan.

Meski begitu, baik Ayu Ting Ting maupun keluarga tak pernah ambil pusing. Seperti yang dilakukan sang ibu, Ummi Kalsum, dia mengunggah sebuah foto masa kecil Ayu di akun Instagramnya, Kamis (20/9/2018).

Dalam foto itu, tampak Ayu Ting Ting duduk berdua dengan sang adik. Mereka mengenakan pakaian dengan motif yang sama.

"Nak @syifaasyifaaa @ayutingting92 sampi besarpun sampai berkeluarga kamu tetap jaga adik kamu saling sayang menyayangin nak semoga Allah kasih yang terbaik buat kalian ber2 doa ibu selalu buat kalian aminn," tulis ibunda Ayu Ting Ting sebagai keterangan foto.

 

Alis Cetar

Ayu Ting Ting (Foto: Instagram)

Dalam foto tersebut, terlihat wajah Ayu Ting Ting sudah ber-makeup. Bahkan, alis ibu satu anak jadi sorotan warganet.

Akun @iva_listya26 menulis, "Si bux ayu alisny cetarrr..."

Sementara, akun @vvtfl menimpali, "Baru tau dari kecil udah alisan hahahahaha."

 

Gigi Ompong

Ayu Ting Ting (Instagram/@ayutingting)

Selain alis yang menjadi pusat perhatian, gigi Ayu Ting Ting pun ikut dikomentari.

"Gemes liat gigi nya ompok ka @ayutingting92 hiii," ujar akun @yulanpurwanti5614.

"Gigi nya ayu di mn bu," lanjut akun @anitaxsyahril.

"Aamiin ya rabbalallamin ... si teteh gigi grupis," tambah akun @zry_utary92_rosmanputra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daur Ulang Kuteks Lama agar Dapat Terpakai Kembali dengan Cara Ini

Posted: 20 Sep 2018 09:18 PM PDT

Jakarta Anda pasti pernah menemukan kuteks yang sudah lama dan jarang terpakai menjadi kering dan mengeras. Biasanya kuteks dalam kondisi seperti ini tidak bisa dipakai lagi. Sayang sekali ya?

Jangan khawatir, Anda dapat mencoba cara ajaib yang sederhana berikut agar kuteks lama bisa dipakai kembali.

Kuteks yang kering dan menggumpal ternyata masih bisa dipakai dengan cara mencairkannya. Rasanya akan sayang jika membuang kuteks yang masih penuh. Maka, tidak ada salahnya jika mengakali bagaimana caranya agar kuteks ini bisa terpakai kembali.

Tahapan

Kuteks atau cat kuku merah (iStockphoto)

Cara yang super gampang ini rasanya patut untuk ditiru. Selain bisa menghemat uang untuk tidak membeli kuteks yang baru, Anda juga bisa memanfaatkan benda yang lama dan bisa dipakai kembali. 

1. Siapkan air panas dalam satu wadah.

2. Rendam kuteks kurang lebih selama 30 menit.

3. Kuteks kering akan menjadi cair dan siap untuk dipakai kembali.

Penulis: Ega M

Sumber: Fimela.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yenny Wahid Tegaskan Belum Bergabung dengan Timses Prabowo-Sandiaga

Posted: 20 Sep 2018 09:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Putri kedua mendiang Presiden ke-4 RI Gus Dur, Yenny Wahid, memastikan belum bergabung ke tim sukses Prabowo-Sandiaga. Yenny mengatakan, sejak awal dirinya memang tidak pernah berencana menjadi bagian dari timses tersebut.

"Memang tidak pernah ada rencana ke arah sana. Kan dari awal saya sudah bilang bahwa saya belum ambil keputusan," kata Yenny Wahid lewat pesan singkat yang diterima Liputan6.com, Jumat (21/9/2018).

Menurut Yenny, dia belum memutuskan bergabung ke timses Prabowo-Sandiaga atau Jokowi-Ma'ruf Amin karena belum mengetahui pasti visi misi mereka.

Dia pun mengatakan, akan menunggu hingga 23 September 2018, saat dimulainya masa kampanye. "Jadi sampai saya mendengar visi misi resmi dari para calon tanggal 23 itu. Jadi tunggu saya," jelas dia.

Diketahui sebelumnya, Yenny berencana mengadakan silaturahmi nasional atau silatnas bersama tokoh-tokoh Gusdurian, sebutan untuk para pengagum Gus Dur. Lewat silatnas, Yenny akan meminta pandangan dan tanggapan, kemana arah suara Gusdurian bermuara.

"Saya kan tidak sendirian, barisan kader Gus Dur ini banyak. Kami akan buat silaturahmi nasional (silatnas), mendengar aspirasi mereka. Jadi nanti 23 September kita mendengar dulu visi misi para calon seperti apa," kata Yenny Wahid di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis, 13 September 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Susunan Timses Prabowo-Sandiaga

Sebelumnya, Ketua DPP Gerindra Prasetyo Hadi Djojohadikusumo membeberkan nama-nama yang bergabung dalam Tim Badan Pemenangan Nasional pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

Untuk ketua tim badan pemenangan sudah final dikomandoi Jenderal (Purn) Djoko Santoso. Sekretaris Tim diisi Waketum PAN Hanafi Rais. Untuk Wakil Ketua badan pemenangan cukup banyak, ada Neno Warisman, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera serta para sekjen partai koalisi.

"Cukup banyak, di antaranya Bu Neno, Sekjen sekjen partai semua jadi wakil ketua. Kemudian ada Pak Mardani Ali Sera. Banyak, kurang lebih ada 12 atau 13," kata dia di kediaman Prabowo, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 20 September 2018.

Posisi Dewan Pembina Badan Pemenangan diisi oleh Prabowo Subianto, Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al Jufri, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Kogasma Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto.

"(untuk para ketum parpol) ada yang diminta oleh Pak Prabowo jadi ketua penasihat, ada juga yang menjadi ketua pertimbangan, pakar, ada juga. Intinya semua kami coba susun sebaik baiknya," tuturnya.

Sementara untuk Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bisa merangkap di semua posisi. Sebab pengalaman SBY menjabat 10 tahun sebagai Presiden RI dinilai mumpuni.

"Kalau Pak SBY semuanya. Merangkap semuanya. kemarin Pak Prabowo sudah menyampaikan sebagai godfather. 10 tahun sebagai presiden, beliau yang mengajari kita semua, membina kita semua, memberi nasihat kita semua, beliau enggak harus lah masuk di dalam struktur," paparnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2018 Jelang Aragon: Marquez Unggul Jauh

Posted: 20 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta MotoGP 2018 semakin seru saja. Akhir pekan ini, MotoGP akan berlangsung di Sirkuit Aragon, Spanyol. Marc Marquez berambisi menang lagi guna memperbesar peluang mempertahankan gelar juara dunia. 

Marquez saat ini kokoh memimpin klasemen pembalap MotoGP. Pria Spanyol itu sudah mengoleksi 221 poin. Marquez unggul cukup jauh dari Andrea Dovizioso di posisi dua yang baru mendapat 67 poin.

Aragon merupakan salah satu sirkuit favorit Marquez. Namun, dia harus waspada. Pasalnya Ducati tengah dalam performa menanjak. Dalam tiga balapan terakhir, pembalap Ducati bergantian meraih kemenangan.

Marquez sudah tak merasakan meraih 25 angka sejak balapan di Jerman 15 Juli 2018. Untungnya ada satu balapan yang dibatalkan di Inggris karena faktor cuaca.

Klasemen

Ilustrasi kehebatan pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di MotoGP 2018. (Jure Makovec / AFP)

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 221 poin

2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 154 poin

3. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 151 poin

4. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 124 poin

6. Cal Crutchlow (LCR Honda) 119 poin

7. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 110 poin

8. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 110 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 92 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 79 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 76 poin

12. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 64 poin

13. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 26 poin

17. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 19 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 14 poin

21. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

24. Michele Pirro (Ducati) 1 poin

 Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jakarta Lingkar Baratsatu Catatkan Obligasi l Rp 1,3 Triliun

Posted: 20 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Jakarta Lingkar Baratsatu (JLB) mengumumkan pencatatan perdana obligasi JLB Tahun 2018 sebesar Rp 1,3 Triliun. Obligasi yang ditawarkan kepada publik ini telah mendapat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 12 September 2018.

Direktur Utama JLB, Fatchur Rochman mengatakan pada masa penawaran umum obligasi yang sudah dilakukan sejak 14 hingga 17 september 2018 mendapat sambutan yang sangat positif dari para investor.

"Kami mendapat sambutan yang cukup baik dengan adanya respon pasar yang cukup tinggi di tahun ini. Momentum ini tentunya kami jadikan acuan untuk dapat meningkatkan dan memperkuat kinerja serta struktur pendanaan perusahaan," kata dia di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Fatchur menambahkan, dana dari hasil penerbitan obligasi perdana ini, akan digunakan untuk melunasi pinjaman bank yang merupakan kredit sindikasi dan kredit modal kerja. Kredit sindikasi berasal dari Bank Mandiri, Bank Panin, dan Bank DKI sebesar Rp 1,190 triliun.

"Rp 1,190 triliun untuk lunasi (pinjaman bank). Sisanya modal kerja di bagian Indonesia Timur, tapi kita lihat dulu kondisinya apakah layak atau tidak," jelas dia.

Adapun Obligasi I JLB yang yang akan dlterbitkan pada semester II tahun ini dibagi menjadi dua. Seri A bertenor 3 tahun dengan besaran kupon 9,75 persen/tahun dan Seri B tenor 5 tahun dengan besaran kupon 10,65 persen/tahun.

Kupon dibayarkan setiap kuartal sejak tanggal emisi. Untuk kupon pertama akan dibayarkan pada 20 Desember 2018, sedangkan kupon terakhir sekaligus jatuh tempo Obligasi I JLB akan dibayarkan pada 20 September 2021 untuk Seri A dan 20 September 2023 untuk Seri B.

Obligasi ini dijamin dengan jaminan fidusia berupa konsesi pengusahaan tol berdasarkan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PJJT). Di mana haknya diberikan pemerintah selama masa konsesi, dan rekening operasional yang diikat dengan fidusia.

Adapun Obligasi I JLB Tahun 2018 ini telah memperoleh hasil pemeringkatan Single A plus dari PT Pemeringkatan Efek Indonesia (Pefindo).

PT Mandiri Sekuritas dan PT BCA Sekuritas akan bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Obligasi dalam penerbitan Obligasi I JLB ini. Sementara yang bertindak sebagai Wali Amanat dalam penerbitan Obligasi ini adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

Rencana Penerbitan Obligasi Masih Tinggi hingga Akhir 2018

Pekerja beraktivitas di BEI, Jakarta, Selasa (4/4).  (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketidakpastian perekonomian dunia serta penguatan dolar Amerika Serikat (AS) secara global telah berdampak terhadap pasar keuangan sejumlah negara termasuk Indonesia.

Penguatan dolar Amerika Serikat (AS) akibat normalisasi kebijakan moneter serta pengetatan likuiditas di AS telah mengakibatkan pembalikan dana dari pasar keuangan sejumlah negara Asia.

Tak heran bila sejumlah mata uang Asia melemah dan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah juga naik, karena investor menarik dana dari pasar saham maupun obligasi.

Hingga tutup perdagangan Jumat 14 September 2018, nilai tukar rupiah ditutup melemah 0,35 persen di level 14.783 per dolar AS, sehingga secara year to date (ytd) rupiah telah terkoreksi 8,41 persen, masih lebih bagus bila dibandingkan koreksi rupee India yang sudah terkoreksi 12 persen.

Sementara itu, yield obligasi pemerintah naik menjadi 8,4 persen, bandingkan dengan yield obligasi India sebesar 8,1 persen, Filipina menawarkan imbal hasil sebesar 6,35 persen dan Malaysia sebesar 4,1 persen.

Dengan tingkat yield seperti ini, pasar obligasi Indonesia menawarkan tingkat imbal hasil yang cukup menarik dibanding negara tetangga.

''Investor akan kembali melihat pasar obligasi Indonesia menjadi tempat berinvestasi dengan dukungan fundamental ekonomi yang terus memperlihatkan sejumlah perbaikan,'' ungkap Direktur Utama Bahana Sekuritas Feb Sumandar, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (19/9/2018).

Korporasi pun masih melihat penerbitan obligasi sebagai sumber pendanaan untuk meningkatkan produktivitas, lanjut Feb.

Animo korporasi untuk menerbitkan obligasi maupun menerbitkan saham perdana masih terus mengalir. Hal ini tercermin pada semester I 2018, Bahana telah mengantarkan dua emiten melantai di bursa yakni PT BRI syariah dan PT Indonesia Kendaraan Terminal dengan perolehan dana sekitar Rp 2,2 triliun.

Beberapa perusahaan besar lainnya antara lain Perusahaan Listrik Negara, PT Bank Rakyat Indonesia, PT Waskita Karya, Pegadaian, Penanaman Nasional Madani, Wom Finance menerbitkan obligasi dengan total perolehan dana mencapai Rp 16,7 triliun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Segarkan Gaya dengan Trik Tabrak Motif yang Inspiratif

Posted: 20 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Merangkum gelaran mode London Fashion Week, tak hanya gaya dari para desainer yang patut mendapatkan pujian. Tapi, hal tersebut berlaku juga untuk para insan mode yang memiliki daya tarik tersendiri selama London Fashion Week berlangsung. Pada kesempatan ini, deretan tampilan menarik dari gaya street style yang ditampilkan cukup menyita perhatian.

Dari sekian banyak inspirasi yang hadir, tampaknya gaya tabrak motif menjadi salah satu gaya yang mendominasi di London Fashion Week. Memang gaya ini cukup unik dan tak banyak yang berani mengaplikasikan pada gaya fashion harian. Tapi bukan berarti gaya ini tak bisa diaplikasikan. Justru dengan siasat tertentu, Anda bisa mengaplikasikan tampilan tabrak motif agar tampilan tak membosankan.

Penasaran inspirasinya? Simak berikut ini.

 

1. Padukan dengan denim

Gaya makin stylish dengan siasat tabrak motif. (Foto: Vogue.com)

Anda bisa berkreasi dengan memadukan ragam motif dengan denim. Cara ini merupakan cara terbaik menjadikan tabrak motif terlihat modern. 

2. Warna kontras

Gaya makin stylish dengan siasat tabrak motif. (Foto: Vogue.com)

Permainan warna kontras merupakan salah satu gaya tabrak motif dan warna yang mudah untuk diaplikasikan. Namun pilihlah mana yang akan mendominasi.

3. Paduan floral dan animal pirnt

Gaya makin stylish dengan siasat tabrak motif. (Foto: Vogue.com)

Motif floral dan animal print memiliki karakteristik yang tak biasa. Namun, gaya ini tetap bisa Anda aplikasikan untuk memberikan kesan penuh pernyataan. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitsubishi Hentikan Impor Mirage ke Indonesia, Apa Sebabnya?

Posted: 20 Sep 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menghentikan impor Mirage ke Indonesia sejak Juli 2018 lalu. Keputusan ini harus dilakukan atas berbagai pertimbangan.

Salah satunya adalah MMKSI lebih memilih menggarap pasar potensial. Langkah tersebut wajar, mengingat segmen citycar yang disasar Mirage tak mengalami perkembangan. Bahkan cenderung terus terpukul dengan kehadiran Low Cost Green Car (LCGC), khususnya yang berkapasitas 7 penumpang.

"Memang ada produk baru di citycar yang bagus, tapi trennya turun. Wajar kita fokus ke pasar yang prospek, trennya positif. Ini tidak lepas dari LCGC. Awal citycar pertama booming, lalu tergantikan LCGC 7-seaters datang. Memang konsumen lebih memilih yang menurutnya value for money lebih baik," jelas Direktur Pemasaran PT MMKSI, Irwan Kuncoro di Pondok Indah, Rabu (19/09/2018).

Irwan pun menegaskan bahwa pihaknya belum mengetahui akan kembali menghadirkan Mirage di Indonesia atau tidak.

"Belum ada rencana produk baru Mirage, masih ada sedikit di pasar. Stok habis belum tahu akan impor atau tidak," jelas Irwan.

Meski telah menghentikan impor, MMKSI masih memiliki sisa stok Mirage. Menurut Irwan, sisa unit tersebut belum tentu ditawarkan dengan diskon besar, lantaran strategi semacam itu bukan menjadi pilihan utama Mitsubishi.

Sumber: Otosia.com

 

 

Wuling SUV Meluncur Tahun Depan, Ini Tanggapan Mitsubishi

SUV yang diperkenalkan Wuling Indonesia menarik perhatian pengunjung. (Septian/Liputan6.com)

Wuling Motors terlihat akan mulai menyasar pasar SUV dengan membawa SUV andalan mereka, Wuling SUV atau versi Wuling dari Baojun 530 pada GIIAS 2018. Pada saat itu pihak Wuling belum menerima pesanan, karena memang hanya untuk tes pasar.

Namun, jika tak ada ubahan rencana SUV tersebut diluncurkan tahun depan. Yang artinya segmen SUV di Indonesia akan kedatangan pemain baru dengan harga yang kompetitif. Seperti yang Wuling lakukan dengan meluncurkan Confero dan Cortez di kelas LMPV dan MPV.

 

 

 

Lantas bagaimana respons dari Mitsubishi? Pasalnya Wuling SUV tersebut akan bersenggolan dengan Outlander yang dibanderol Rp 330 - 375 juta (OTR Jakarta). Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan," Kita perlu lihat dulu bagaimana launching dia (Wuling SUV), bagaimana respons pertama masyarakat."

Irwan mengakui belum ada strategi khusus untuk menyambut kedatangan SUV asal Cina tersebut. " Untuk Outlander-nya sendiri kita terus promosikan, memang belum ada perubahan, tapi kita masih punya konsumen yang masih melihat Outlander sebagai pilihannya. Jadi kita lihat dulu lah," sambungnya.

Menurutnya, semakin banyak pemain di dunia otomotif menjadi tantangan tersendiri, terutama pemain baru non-Jepang. Semakin ketatnya kompetisi mengharuskan Mitsubishi memberikan value yang lebih, tidak hanya dari sisi produk, tapi juga aftersales, dan brand image.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Dia Pembeli iPhone XS Pertama di Dunia

Posted: 20 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Sydney - Satu hari sebelum acara peluncuran iPhone XS dan XS Max, antrean sejumlah Apple fanboy sudah mulai terlihat di salah satu App Store di Sydney, Australia.

Seperti dilansir Cnet, Jumat (21/09/2018), pembelian iPhone XS dan XS Max mengalami peningkatan lebih besar ketimbang iPhone X tahun lalu.

Pembeli pertama iPhone XS yang beruntung adalah Teddy Lee. Mahasiswa asal Korea Selatan berusia 20 tahun ini merupakan pemiliki iPhone XS pertama di dunia.

Ia disebut sudah antre di toko sejak pukul 8 pagi waktu setempat. Ia mengaku tertarik membeli iPhone XS karena spesifikasi layarnya lebih menarik ketimbang Android.

Berbeda dengan Teddy, pembeli iPhone lainnya, YouTuber bernama Mazen Kourouche sekaligus membeli iPhone XS, XS Max, dan Apple Watch Series 4.

iPhone XS Dianggap Kemahalan

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Beberapa hari lalu, Apple memperkenalkan iPhone terbarunya, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

iPhone XS langsung diklaim sebagai iPhone paling mahal yang pernah dirilis oleh Apple.

Bagaimana tidak, iPhone XS Max menjadi varian paling mahal dibanderol mulai dari US$ 1.449 atau setara Rp 21,5 jutaan di Amerika Serikat (AS).

Apple pun terus mendorong inovasi yang sebelumnya dihadirkan pada iPhone X ke tingkat baru dengan harga yang juga baru.

Sekadar diketahui, saat meluncurkan iPhone X pada 2017, Apple membanderolnya seharga US$ 999 (setara Rp 14,8 jutaan). Namun, untuk membeli iPhone XS yang punya kapasitas penyimpanan lebih besar, konsumen diminta membayar jauh lebih mahal.

Dalam sebuah interview dengan Nikkei Asian Review, CEO Apple Tim Cook menjelaskan, tingginya harga iPhohe adalah sepadan dengan inovasi lebih tinggi yang diusung iPhone. Pelanggan pun, kata Cook, pasti akan bersedia membayarnya.

"Kami selalu berpikir, bahwa jika Anda memberikan banyak inovasi dan nilai, ada orang-orang yang bersedia membayar untuk itu. Bagi kami, itu adalah kelompok orang yang jumlahnya cukup banyak, sehingga kami bisa membuat bisnis yang wajar dari itu," tutur Cook sebagaimana dikutip dari Softpedia, Senin (17/9/2018).

iPhone untuk Semua

Seorang pengunjung melihat produk baru iPhone saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Apple merilis tiga iPhone terbaru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Cook lebih lanjut menceritakan, banyak barang yang harusnya dibeli kini bisa didapatkan dalam satu perangkat.

"Hal ini (iPhone) telah mengambil hal-hal yang lebih jauh dibandingkan perangkat sebelumnya yang berdiri sendiri. Peran iPhone telah menjadi jauh lebih besar dalam kehidupan orang-orang," tutur Cook.

Cook juga menjelaskan, perusahaan memperkenalkan iPhone XR dan iPhone 8 serta iPhone 8 Plus yang lebih terjangkau. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih terus dijual.

Ini, kata Cook, menjadi cara Apple untuk membuat iPhone bisa tersedia untuk semua orang.

"Kami ingin melayani semua orang. Kami paham, ada berbagai hal yang dicari pelanggan dan berbagai macam harga yang dibayar orang," katanya.

(Vivi Hartini/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Tes Kejelian Mata, Temukan Hal yang Salah dari Gambar Ini

Posted: 20 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu termasuk orang yang jeli dan teliti? Jika iya, maka kamu akan langsung mengetahuinya saat melihat gambar-gambar ini.

Ya, untuk mengungkap seberapa jeli pengelihatanmu, tes ini menyediakan sejumlah gambar. Yang perlu kamu lakukan adalah menemukan beberapa hal yang salah. Jika kamu menemukannya dengan cepat, itu tadanya kamu merupakan orang yang punya pengelihatan jeli.

Artikel tentang tes kejelian mata untuk menemukan beberapa hal yang salah dalam gambar, menjadi yang paling terpopuler di kanal Citzen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni ruang rahasia dalamn sebuah apartemen. Sedangkan artikel ketiga terpopuler yakni wanita cantik dikubur hiudup-hidup untuk jadi tumbal.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Tes Kejelian Mata, Coba Temukan Apa yang Salah dari Gambar Ini

tes kejelian (foto: Bright Side)

Pernahkah kamu bertanya-tanya seberapa jeli penglihatanmu? Kamu bisa mengetahuinya dengan sebuah permainan tebak gambar. Seperti deretan gambar yang bisa menguji kejelian matamu ini. Caranya dengan menemukan beberapa hal yang salah.

Bagi kamu yang memang jeli tentu tak sulit untuk menemukannya, tapi mungkin butuh beberapa waktu bagi kamu yang kurang jeli. 

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Pria Ini Temukan Ruang Rahasia di Apartemen Barunya, Isinya Bikin Bergidik

apartemen misterius (foto: Boredpanda)

Pindah tempat tinggal bisa jadi hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Terlebih lagi, jika kalian pindah ke sebuah apartemen baru. Hal ini yang dialami oleh seorang pria asal Irlandia bernama Daniel Carley.

Namun saat pindah ke apartemen bergaya modern tersebut nyatanya Daniel menemukan hal tak terduga yang bisa bikin bulu kuduk berdiri. Pasalnya dia menemukan pintu rahasia yang sungguh tak terduga sebelumnya.

Selengkapnya..

3. Jadi Tumbal Pesugihan, Wanita Cantik Dikubur Hidup-Hidup Pacarnya

(Foto: Buzz Kenya)

Memang ada banyak cara untuk mendapatkan kekayaan. Namun terkadang, orang memilih jalan yang salah dan sesat. Demi mendapatkan kekayaan itu, seringkali seseorang nekat hingga mengorbankan orang yang mereka cintai.

Hal tersebut dilakukan oleh seorang pria asal Tanzania. Demi ambisinya mendapatkan kekayaan secara instan, pria tersebut sampai tega menggunakan pacarnya menjadi korban ritual.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Suara soal 25 Dakwaan Baru Seputar Korupsi 1MDB, Najib Razak: Saya Bukan Pencuri

Posted: 20 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, yang kemarin (20/9) baru saja menerima 25 dakwaan baru atas tuduhan korupsi seputar 1Malaysia Development Berhad (1MDB) dan sangkaan lain, kembali menyangkal bahwa dirinya tak bersalah.

"Saya bukan pencuri ... Seperti yang kita tahu, 2,6 miliar ringgit yang dituduhkan digunakan secara kejam untuk mengkritik dan mencemari nama saya," kata Najib usai menjalani sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tinggi di Kuala Lumpur kemarin, seperti dikutip dari The Star Malaysia, Jumat (21/9/2018).

Dalam sidang pembacaan dakwaan, Najib mengaku tak bersalah dan membuatnya mesti menjalani persidangan untuk membela diri yang dijadwalkan akan berlangsung pada 2019.

"Saya harap perjalanan saya di pengadilan akan memperteguh kebenaran dan menyelesaikan isu 2,6 miliar ringgit itu selamanya," ucap Najib.

Ketika ditanya apakah dirinya percaya akan memenangi persidangan pada 2019 nanti, Najib hanya mengatakan, "Semoga hukum di Malaysia masih ada."

"Saya tak ingin membuat pernyataan untuk sekarang, karena semua ini masih sub judice (dilarang untuk dibicarakan karena proses hukumnya masih berlangsung). Tapi buat saya dan tim pengacara, semoga Tuhan mengizinkan, kami punya faktanya."

Dalam kesempatan yang sama, Najib juga tak begitu memusingkan 25 dakwaan terbaru yang dialamatkan kepadanya. Ia berpendapat, "Ketika publik tahu fakta dan figur di balik kasus ini, mereka akan menyadari bahwa itu bukanlah dakwaan yang 'besar'."

"Mereka akan sampai pada kesimpulan bahwa saya sudah mengembalikan jumlah uang yang sebelumnya dituduhkan kepada saya, tepat setelah Pemilihan Umum 2013," Najib berdalih, merujuk pada tuduhan bahwa dirinya menerima uang haram jelang Pemilu 2013 yang berasal dari dana 1MDB.

Namun, Jaksa Agung Malaysia saat itu kemudian membersihkan Najib Razak dari kesalahan apa pun, mengatakan bahwa uang itu adalah sumbangan pribadi dari keluarga Kerajaan Arab Saudi, dan menutup penyelidikan domestik.

Akan tetapi, sejak kembali untuk tugas kedua sebagai perdana menteri, usai memenangi Pemilu 2018, Mahathir Mohamad yang berusia 93 tahun telah membuka kembali penyelidikan dan bersumpah untuk membawa Najib Razak ke pengadilan.

 

Simak video pilihan berikut:

Dua Puluh Lima Tuntutan Baru

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak tiba di Pengadilan Tinggi Malaya, Kuala Lumpur, Rabu (8/8). Najib Razak akan dihadapkan dengan dakwaan baru di bawah undang-undang anti pencucian uang untuk kasus megakorupsi 1MDB. (AP/Yam G-Jun)

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak, dalam persidangan pembacaan dakwaan di Pengadilan Malaysia pada Kamis, 20 September 2018, mengaku tidak bersalah atas 25 tuduhan yang berkaitan dengan penyalahgunaan kekuasaan dan pencucian uang atas ratusan juta dolar dana yang diterima di rekening bank pribadinya.

Usai mengaku tak bersalah atas dakwaan itu, Najib Razak akan menjalani sidang pembelaan, yang menurut jadwal akan dilaksanakan pada awal tahun 2019.

Dakwaan terbaru termasuk empat tuduhan penyalahgunaan kekuasaan mengenai jumlah 2,3 miliar ringgit (US $ 556,23 juta) yang diduga kuat berasal dari dana negara 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Jaksa juga menuduhnya dengan 21 dakwaan pencucian uang. Ini termasuk sembilan dakwaan seputar menerima materi atau fulus haram hasil pencucian uang, lima dakwaan karena menggunakan fulus haram hasil korupsi, dan tujuh dakwaan atas tuduhan mentransfer uang korupsi kepada entitas lain. Hal itu diutarakan oleh Wakil Inspektur Jenderal Polisi Noor Rashid Ibrahim dalam sebuah pernyataan.

Tuduhan itu melengkapi tujuh dakwaan yang dialamatkan terhadapnya pada bulan Juli-Agustus 2018 lalu.

Tujuh dakwaan itu terdiri dari tiga pelanggaran pidana atas tuduhan pelanggaran kepercayaan publik, tiga untuk pencucian uang, dan satu untuk penyalahgunaan kekuasaan. Najib juga disebut mengantongi sekitar US$ 10 juta (setara Rp 148 miliar) dari anak perusahaan 1MDB, SRC International.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penemuan Jasad Bayi Baru Lahir di Sungai Bedadung Jember

Posted: 20 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jember - Sebuah tempat yang sepi di bawah jembatan Semanggi, Jalan Bengawan Solo, Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sumber Sari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, mendadak ramai. Pasalnya, Umar (46), warga sekitar TKP, menemukan bayi diperkirakan berumur 1 hari di aliran Sungai Bedadung, Rabu, 19 September 2018.

"Bayi itu berjenis kelamin laki-laki, lengkap dengan ari-arinya, dengan terbalut kain handuk," tutur Kapolsek Sumber Sari, Kompol Nur Hadi Suseno.

Dia menjelaskan, bayi yang diperkirakan berumur 1 hari ini pertama kali ditemukan Umar, salah seorang warga sekitar yang hendak mandi di Sungai Bedadung, sekitar pukul 05.30 WIB.

Awalnya, dia mengira buntalan kain yang ditemukannya itu merupakan sampah yang dibuang warga, sebab benda tersebut terlihat mencolok di dekat bebatuan, di aliran sungai, yang debit airnya kecil.

Umar tidak menghiraukan benda yang terlihat seperti tumpukan sampah di sungai. Tetapi karena terlihat mencolok, dia berusaha mendekati benda itu. Rasa penasaran saksi akhirnya terjawab saat dia melihat kaki bayi.

"Ada mayat bayi, teriak Umar memberitahu warga sekitar," kata Nur Hadi.

Oleh warga lain, peristiwa itu langsung dilaporkan ke Mapolsek Sumber Sari, sekitar pukul 06.30 WIB. Rupanya informasi itu juga sudah sampai ke telinga warga di sekitar TKP sehingga warga mendatangi tempat tersebut.

Pihaknya langsung mendatangi TKP bersama petugas identifikasi Polres Jember dan Dinas Sosial Kabupaten Jember untuk melakukan olah TKP. Polisi masih mencari pasangan yang tega membuang bayi tersebut.

"Kami belum bisa memastikan siapa pelakunya, karena masih dalam proses penyelidikan," ucapnya.

Langkah awal yang dilakukan polisi, lanjut Nur Hadi, yakni mengevakuasi korban dan membawanya ke RSD Dokter Subandi Jember untuk divisum. Bayi tersebut ditemukan sudah meninggal dunia.

"Di sekitar jenazah bayi tidak ditemukan adanya ceceran darah. Bahkan, jenazah bayi tersebut sudah dibersihkan dan diperkirakan lahir lima jam sebelum ditemukan warga," ujar Nur Hadi.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasien Stroke Bisa Sembuh Sepenuhnya, Asal...

Posted: 20 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasien stroke bisa sembuh sepenuhnya asal segera dibawa ke rumah sakit setelah terjadi serangan stroke. Serangan stroke yang terjadi dapat terlihat dari wajah dan mulut yang miring ke samping dan kelumpuhan pada tubuh.

Menurut dokter spesialis saraf RS Cipto Mangunkusumo Jakarta, Mohammad Kurniawan, pasien stroke bisa sembuh total sesuai lamanya waktu ia dibawa ke rumah sakit.

"Lamanya waktu (pasien dibawa ke rumah sakit) ini tergantung pasien. Data RSCM mencatat, waktu penanganan terbaik itu golden period (periode emas) agar pasien bisa pulih," jelas Kurniawan di Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

Setelah serangan stroke, pasien sebaiknya datang ke rumah sakit kurang dari 4,5 jam. Sementara, data di RSCM menunjukkan kejadian yang memenuhi 4,5 jam hanya 10 persen, sedangkan 90 persen pasien stroke lainnya datang ke rumah sakit dalam waktu 24 jam atau di hari selanjutnya.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Terlambat datang ke rumah sakit

Rata-rata pasien stroke terlambat datang ke rumah sakit.  (iStockPhoto)

Pasien yang tidak segera dibawa ke rumah sakit setelah serangan stroke itu terlambat penangannnya. 

"Rata-rata terlambat datang. Bahkan ada pasien yang sudah kena stroke, lalu sehari kemudian baru ke rumah sakit. Ada juga pasien yang baru lima hari datang. Mereka datang dulu ke orang pinter," jelasnya.

Agar mendapatkan pelayanan terbaik, ketika melihat ada serangan stroke lekas ke rumah sakit. Stroke disebabkan adanya sumbatan pada pembuluh darah di otak.

"Yang paling bahaya kalau sumbatan terjadi pada pembuluh darah besar. Angka kecacatan tinggi (kelumpuhan) dibandingkan sumbatan pada pembuluh darah kecil," Kurniawan menerangkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suami Sakit, Ayu Dewi Malah Banyak Gaya

Posted: 20 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suami Ayu Dewi, Regi Datau, saat ini sedang terbaring sakit. Regi dilanda sakit influenza.

Hal itu diketahui melalui unggahan Ayu Dewi di Instagramnya pada Kamis (20/9/2018). Dalam unggahan tersebut, terlihat sang suami sedang terlelap di sampingnya.

Di keterangan foto tersebut, Ayu Dewi malah menggoda sang suami karena pose imutnya.

"Tak kuduga, ke-unyu-anmu muncul saat kamyu sakit flu beginih. Tu liat aja,posenya bak artis muda lagi di foto studio, mau foto buat diserahin pas casting. Topang alis," tulis Ayu Dewi.

 

Cepat Sembuh

Ayu Dewi Ledek Suami yang Sedang Sakit (Instagram.com/mrsayudewi)

Meski begitu, Ayu Dewi tetap mendoakan sang suami agar segera pulih dari sakitnya.

"Semoga kalo kamu liat foto ini,cepet sembuh ya yang. Emuah😘," lanjut Ayu Dewi.

 

Kesempatan

Regi Datau dan Ayu Dewi. (Foto: instagram.com/mrsayudewi)

Selanjutnya, Ayu Dewi memberikan pengakuan bahwa hanya saat sang suami sedang dalam keadaan seperti ini lah dirinya bisa bebas berekspresi ketika berfoto dengan suaminya.

"*karna cuma pas dia lg merem,daku bisa foto banyak gaya," tutup Ayu Dewi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

David Luiz Yakin Chelsea Bisa Juara Liga Europa

Posted: 20 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, London - Bek Chelsea, David Luiz, menegaskan timnya tidak akan main-main di Liga Europa musim ini. Chelsea baru saja menang tipis 1-0 atas wakil Yunani, PAOK di pertandingan pertama Liga Europa, Jumat (21/9/2018) dini hari tadi WIB.

"Kami akan berjuang untuk memenangi gelar juara. Tidak masalah nama kompetisinya apa. Kami bermain untuk tim besar. Kami selalu dalam tekanan untuk memenangi setiap pertandingan," kata Luiz seperti dilansir Sports Mole.

Chelsea terpaksa bermain di Liga Europa musim ini setelah terlempar dari posisi empat besar pada klasemen akhir Liga Inggris musim lalu. Padahal, Liga Europa kerap disebut sebagai kompetisi "kelas dua" di bawah Liga Champions.

Kegagalan masuk Liga Champions itu sendiri turut menendang Antonio Conte dari kursi manajer. Kini, Chelsea ditangani oleh Maurizio Sarri yang didatangkan dari Napoli.

Luiz menambahkan, memenangi pertandingan di Liga Europa tidak semudah yang dikira. Meskipun begitu, kompetisi yang dulu bernama Piala UEFA ini mayoritas diikuti klub-klub level kedua di Eropa.

"Orang-orang tidak mengerti, betapa sulitnya memenangi kompetisi ini. Levelnya bagus. Tidak mudah untuk bermain di sini," kata Luiz.

Bukan Pendatang Baru

Para pemain Chelsea merayakan gol yang dicetak oleh Willian ke gawang PAOK pada laga Liga Europa di Stadion Toumbas, Thessaloniki, Kamis (20/9/2018). PAOK takluk 0-1 dari Chelsea. (AP/Thanassis Stavrakis)

Chelsea sejatinya bukan pendatang baru di Liga Europa. Malah, mereka sempat keluar sebagai juara pada edisi 2012/13.

Luiz juga percaya, Chelsea bisa mengulangi prestasi itu kali ini. "Kami punya skuat luar biasa, setiap pemain punya kualitas untuk menang. Tidak masalah siapa yang bermain di atas lapangan, Chelsea akan selalu ada di level atas untuk memenangi pertandingan," kata Luiz.

Berikut hasil lengkap Liga Europa dini hari tadi

Villarreal 2-2 Rangers

Rapid Wiena 2-0 Spartak Moskow

Sevilla 5-1 Standard Liege

Akhisar Belediye 0-1 Krasnodar

Marseille 1-2 Eintracht Frankfurt

Lazio 2-1 Apollon

Rennais 2-1 Jablonec

Dynamo Kiev 2-2 Astana

Besiktas 3-1 Sarpsborg

Genk 2-0 Malmo

PAOK 0-1 Chelsea

Videoton 0-2 Bate

Larnaca 0-1 Zurich

Ludogorets 2-3 Bayer Leverkusen

RB Leipzig 2-3 Salzbourg

Celtic 1-0 Rosenborg

Slavia Praha 1-0 Bordeaux

FC Kopenhagen 1-1 Zenit

Spartak Trnava 1-0 Anderlecht

Dinamo Zagreb 4-1 Fenerbahce

Sporting 2-0 Qarabag

Arsenal 4-2 Vorskla

Dudelange 0-1 AC Milan

Olympiakos 0-0 Real Betis

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Hampir Mati, Avril Lavigne Curhat di Single Terbaru

Posted: 20 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Single "Head Above Water" menandai kembalinya Avril Lavigne ke industri musik. Melalui single ini pula, dia mencurahkan pengalaman spiritualnnya saat berada dalam kondisi kritis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenhub Tawarkan 934 Kursi CPNS 2018, Ada Buat Lulusan SMA

Posted: 20 Sep 2018 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 46 Tahun 2018, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk ikut seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun anggaran 2018.

Seleksi CPNS 2018 di Kementerian Perhubungan ini ditujukan bagi lulusan S2, S1, DV, D3, D2, dan SLTA/Sederajat.

Ketua Tim Pelaksana Pengadaan CPNS Kementerian Perhubungan tahun 2018, Djoko Sasono, dalam pengumumannya tertanggal 19 September 2018 menyebutkan, dalam perekrutan kali ini Kementerian Perhubungan membuka lowongan untuk 934 formasi CPNS.

"Rinciannya 874 untuk formasi umum, 53 untuk lulusan terbaik (cumlaude), 1 untuk disabilitas, dan 7 untuk putra/putri Papua dan Papua Barat," kata Djoko dikutip dari laman Setkab, Jumat (21/9/2018).

Ke-874 lowongan itu terdiri atas puluhan jabatan untuk kualifikasi pendidikan SLTA/Sederajat, lulusan Diploma II (DII), III (DIII), dan V (DV); lulusan Strata Satu (S1) hingga lulusan Strata Dua (S2).

Ada Persyaratan Tinggi Badan

Petugas mengukur tinggi badan peserta pada proses verifikasi dokumen dan pengukuran tinggi badan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di kawasan Gambir, Jakarta, Minggu (8/10). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Selain itu, ada juga persyaratan tinggi badan minimum 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk wanita. Sementara itu, khusus untuk formasi jabatan Petugas Keamanan (AVSEC) syarat tinggi badan minimum 165 cm (laki-laki) dan 160 cm (wanita) dengan pengukuran berdiri di lapangan.

Adapun bidang studi pendidikan yang dibutuhkan sangat beragam mulai dari Ilmu Hukum, Statistik, Farmasi, Fisioterapi, Perawat Gigi, Komunikasi/Jurnalistik, Bahasa Inggris, Komputer, Transportasi Darat, Tehnik Sipil, Teknik Lingkungan, Sistem Informasi, Administrasi Negara, Manajemen Transportasi Laut/Darat/Udara, Manajemen Operasi Pelabuhan, Nautika, LLAJ/LLASDP, Teknik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian, Manajemen Keselamatan Transportasi Jalan, Dokter Umum, Tehnik Perkapalan, dll.

"Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman sscn.bkn.go.id tanggal 26 September sampai 7 Oktober 2018," bunyi pengumuman itu.

Tahap Seleksi

Pemeriksaan peserta tes CPNS 2017. (Dok BKN)

Adapun tahap seleksi yang dilakukan meliputi:

1. Seleksi Administrasi;

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) dengan bobot 40 persen;

3. Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobor 60 persen, yang terdiri dari:

a. Tes Soal Subtansi Jabatan dengan menggunakan CAT;

b. Tes Kesehatan; dan

c. Tes Fisik/Kesamaptaan.

Pelaksanaan seleksi selain dilakukan di Jakarta, juga di lakukan di kantor regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Palembang, Banjarmasin, Jayapura, Denpasar, Manado, Pekanbaru, dan Aceh.

Informasi mengenai penerimaan CPNS di Kementerian Perhubungan ini dapat dilihat di laman http://sscn.bkn.go.id dan https://cpns.dephub.go.id.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-16 Vs Iran: Menpora Beri Dukungan Langsung di Malaysia

Posted: 20 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 akan mendapat dukungan moral langsung dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi. Menpora akan datang langsung ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Jumat (21/9/2018), Garuda Asia, julukan Timnas Indonesia U-16, akan memulai Piala AFC U-16 melawan Iran di Stadion Nasional, Bukit Jalil, Malaysia, pada fase Grup C.

Menpora pun antusias mendukung Bagus Kahfi dkk. Imam akan datang ke Malaysia bersama Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta dan Asisten Deputi Olahraga Pendidikan Kemenpora Alman Hudri.

Kedatangan Kemenpora juga sebagai bentuk dukungannya kepada beberapa pemain hasil binaan PPLP dan Sekolah Olahraga (SKO) Ragunan.

"Saya ingin memberikan dukungan kepada timnas Indonesia U-16 secara langsung. Saya berharap timnas akan memberikan penampilan terbaiknya melawan Iran," ujar Imam.

Optimistis Menang

Timnas Indonesia U-16. (Istimewa)

Sementara itu, Isnanta sangat optimistis Garuda Asia bakal memenangi pertandingan melawan Iran. Menurutnya, tim besutan Fakhri Husaini itu punya kualitas melawan negara Timur Tengah tersebut.

"Secara teknis saya optimistis Indonesia bisa mengimbangi Iran bahkan bisa menang. Kekuatan teknis imbang, tapi kalah di postur tubuh. Dan Indonesia unggul dikelincahan."

"Hal tersebut didasari pengamatan kami saat anak-anak terpilih kebanyakan dari hasil tallent scouting Liga Pelajar Piala Menpora U-14 dan juga dari anak-anak didik kami dari diklat PPLP maupun SKO Ragunan," katanya.

Jadwal Pertandingan

15.30 WIB Iran vs Timnas Indonesia U-16

Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur

Live: MNC

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Butuh 100 Pegawai Baru, BMKG Buka Lowongan CPNS 2018

Posted: 20 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - ‎Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018. Pada tahun ini, BMKG membuka penerimaan untuk 100 formasi.

"Menunjuk Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 88 Tahun 2018, BMKG membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk menjadi CPNS yang akan ditugaskan di unit kerja Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika," seperti dikutip dari laman bmkg.go.id, Jumat (21/9/2018).

Dari 100 formasi, BMKG mengalokasikan 10 formasi untuk cumlaude dan 2 formasi untuk disabilitas. Untuk putra/putri Papua dan Papua Barat dialokasikan sebanyak 6 formasi dan untuk umum sebanyak 82 formasi.

Jabatan yang yang dicari antara lain analis kerjasama, analis kerjasama luar negeri, analis organisasi dan tata laksana, arsiparis ahli pertama, auditor ahli pertama, dosen asisten ahli, peneliti ahli pertama, pengamat meteorologi dan geofisika ahli pertama, pengamat meteorologi dan geofisika terampil.

Kemudian, pengelola keuangan, perancang peraturan perundang-undangan ahli pertama, perekayasa ahli pertama, perencana ahli pertama, dan pranata humas ahli pertama.

 

Tata Cara Pendaftaran

Beberapa peserta tes CPNS serius melakukan simulasi sistem tes seleksi CPNS berbasis online di Jakarta, (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

1. Pelamar mempersiapkan dokumen persyaratan yang akan diunggah saat pendaftaran dalam laman https://sscn.bkn.go.id antara lain :

a) Scan Surat lamaran ditujukan kepada Kepala BMKG di Jakarta. diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000 dan ditandatangani dengan tinta hitam (format surat lamaran dapat diunduh di laman httgs://sscn.bkn.go.id)

b) Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

c) Scan Asli Ijazah dan Transkrip Nilai sesuan dengan ketentuan. Bagi lulusan luar negeri, ijazah dan transkrip nilai yang diunggah harus dilengkapi dengan surat penyetaraan ijazah dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Dokumen yang diunggah dalam bentuk 1 file (multipage)

d) Scan Asli Akreditasi Program Studi pada saat ijazah dikeluarkan dari BAN-PT/Universitas/Fakultas atau screenshot Informasi akreditasi dari website BAN-PT pada saat kelulusan.

e) File Pas Photo berlatar belakang warna merah berukuran 4 x 6

f) Scan Surat pernyataan yang diketik dengan menggunakan komputer, bermaterai Rp 6000,dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam (format surat pernyataan dapat diunduh di laman: httgs://sscn.bkn.go.id)

g) Scan Asli persyaratan untuk Formasi Lulusan Terbalk antara Iain :- Surat Keterangan Lulus dengan pujian atau cumlaude sekurang-kurangnya oleh Dekan atau yang sederajat:- Akreditasi Universitas pada saat ijazah dikeluarkan dari BANPT/Universitas- Dokumen yang dlunggah, dalam bentuk 1 file (multipage).

h) Scan Asli persyaratan untuk Formasi Putra Putri Papua dan Papua Barat antara Iain :- Surat Akta Kelahiran Surat Keterangan Lahir- Surat Keterangan Putra Putri Papua/Papua Barat dari Desa/Kepala Suku setempat- Dokumen yang duunggah. dalam bentuk 1 file (multipage).

i) Scan Asli persyaratan untuk Formasi Disabilitas:-Surat Keterangan Dokter yang menerangkan tingkat disabilitasnya (format surat dapat drunduh di laman httgs://sscn.bkn.go.id)

 

Tata Cara Selanjutnya

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham saat menjawab soal dengan sistem CAT di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

2. Pelamar kemudian melakukan pendaftaran dan pengunggahan dokumen secara online melalui situs httgs://sscn.bkn.go.id‎ dengan menggunakan Nomor lnduk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) I Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga

3. BMKG akan melaksanakan seleksi di 6 lokasi, yang dapat dipilih pada saat pendaftaran sesuai dengan lokasi terdekat pelamar. antara lain :- Jakarta- Palembang- Banjarmasin- Kupang- Makassar- Jayapura

4. Panitia seleksi CPNS BMKG hanya menerima pendaftaran secara online.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Dosen, Begini Gaya Mengajar Reza Rahadian

Posted: 20 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Reza Rahadian mendadak menghebohkan warganet. Aktor yang bermain di film Habibie & Ainun ini ternyata memiliki prosesi baru sebagai dosen.

Reza Rahadian mengaplikasikan pengalamannya selama di industri hiburan dengan mengajar di jurusan Vokasi Teknik Olah Suara dan Akting. Rupanya video Reza Rahadian tengah mengajar beredar luas di akun gosip.

Sebenarnya, profesi dosen yang dilakoni Reza Rahadian hanya diketahui orang-orang terdekatnya. Namun, video Reza Rahadian mengajar mendadak viral.

Video Heboh

Reza Rahadian

Sebuah video saat Reza Rahadian mengajar di kelas tampaknya diambil oleh salah satu mahasiswanya. Terlihat, Reza Rahadian yang mengenakan kemeja putih dan celana krem sedang memberikan materi.

Serius

Reza Rahadian

Selain video, terlihat beberapa foto saat Reza Rahadian tengah mengajar. Salah satu pose memperlihatkan ia tampak serius memberikan materi di depan kelas.

Heboh

Reza Rahadian (Nurwahyunan/Bintang.com)

Lucunya, di salah satu video yang beredar di akun Instagram hebohdotcom, baru-baru ini, suasana mengajar Reza Rahadian seperti temu penggemar.

Beberapa mahasiswa beramai-ramai memberondong pertanyaan kepada lawan main Bunga Citra Lestari itu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Berperilaku Brutal, Prancis Panggil Kylian Mbappe

Posted: 20 Sep 2018 08:37 PM PDT

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tiba untuk menjalani sidang banding di markas federasi sepakbola Prancis (FFF), Paris, Kamis (20/9). Mbappe mendapatkan kartu merah pertama dalam karirnya saat menghadapi Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tiba untuk menjalani sidang banding di markas federasi sepakbola Prancis (FFF), Paris, Kamis (20/9). Mbappe mendapatkan kartu merah pertama dalam karirnya saat menghadapi Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang PSG, Kylian Mbappe tiba untuk menjalani sidang banding di markas federasi sepakbola Prancis (FFF), Paris, Kamis (20/9). Mbappe akan menjalani skorsing tiga pertandingan di Ligue 1 setelah kartu merahnya melawan Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang PSG, Kylian Mbappe tiba untuk menjalani sidang banding di markas federasi sepakbola Prancis (FFF), Paris, Kamis (20/9). Mbappe akan menjalani skorsing tiga pertandingan di Ligue 1 setelah kartu merahnya melawan Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tiba untuk menghadiri pertemuan dengan komite disiplin federasi sepakbola Prancis (FFF) di Paris, Kamis (20/9). Pertemuan membahas kartu merah yang didapat Mbappe saat menghadapi Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tiba untuk menghadiri pertemuan dengan komite disiplin federasi sepakbola Prancis (FFF) di Paris, Kamis (20/9). Pertemuan membahas kartu merah yang didapat Mbappe saat menghadapi Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tiba untuk menjalani sidang banding di markas federasi sepakbola Prancis (FFF), Paris, Kamis (20/9). Mbappe mendapatkan kartu merah pertama dalam karirnya saat menghadapi Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe tiba untuk menjalani sidang banding di markas federasi sepakbola Prancis (FFF), Paris, Kamis (20/9). Mbappe mendapatkan kartu merah pertama dalam karirnya saat menghadapi Nimes. (AFP/Lionel BONAVENTURE)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Aksesori Minimalis dari Yogyakarta Beromzet USD 8.000

Posted: 20 Sep 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Gracy sejak masih duduk di bangku SMP sudah hobi membuat pernak-pernik aksesori. Ia pernah membuat aksesori dari monte atau mutiara dan dijual Rp 1.000 kepada temannya.

Perempuan kelahiran 32 tahun silam ini terus mempraktikkan kemahirannya membuat beragam aksesori. Sampai akhirnya pada 2012, ia memutuskan untuk membuka usaha dengan tiga orang temannya. Ia melabeli produknya dengan nama Henju by Gracy.

Henju merupakan kependekan dari Handmade Jewelry. Sesuai namanya, Gracia memproduksi perhiasan rangkaian tangan.

"Awalnya dijual secara online dan menargetkan pasar ekspor lewat etsy.com," tutur pemilik nama lengkap Gracy Sondang Marpaung ini beberapa waktu lalu.

Empat tahun kemudian barulah ia membuka toko di Jalan DI Panjaitan.

Aksesori yang dibuat beraneka ragam, seperti kalung, anting, cincin, dan gelang. Ia memperdalam kemampuannya membuat aksesori dengan belajar dari tayangan YouTube.

Bahan yang dipakai untuk membuat aksesori, antara lain, silver, sterling silver, dan rose gold. Seluruh produk dibikin langsung dari tangannya.

"Ada dua orang yang bertugas membuat aksesori, saya dan teman saya satu tim," ucap mantan penyiar radio swasta di Yogyakarta ini.

Dalam satu bulan ia biasanya menerima pesanan 100 sampai 200 aksesori. Sejak 2012, setidaknya ia sudah menjual lebih dari 20.000 produk aksesori.

Selain dijual secara online lewat promosi media sosial Instagram, Henju by Gracy juga memiliki sister shop di luar negeri dengan omzet per bulan berkisar USD 5.000 sampai 8.000.

Henju by Gracy juga menyuplai sejumlah butik di Amerika, Inggris, Hawaii, dan negara lainnya. Hampir 90 persen pesanan aksesori datang dari Amerika.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Perbedaan Konsumen Dalam dan Luar Negeri

Aksesoris minimalis dari Yogyakarta berhasil tembus pasar ekspor dan meraup omzt USD 8.000 (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Gracy juga mengamati perbedaan karakter pembeli aksesori dalam dan luar negeri. Kebanyakan pembeli lokal menyukai aksesori unik dan berwarna, sementara pembeli mancanegara menyukai aksesori minimalis.

"Saya membedakan desainnya," tutur Gracy.

Untuk desain lokal, ia memiliki desain unggulan berupa aksara Jawa. Cincin, kalung, gelang, anting dari lilitan kawat silver dirangkai menjadi sebuah kata dalam aksara Jawa.

Kawat yang digunakan juga tidak sembarangan. Ia menggunakan kawat Gold Filled yang didatangkan dari Amerika. Kawat ini memiliki ketahanan tidak luntur sampai 30 tahun.

Selain menggunakan kawat, ia juga merangkai aksesori dengan memberi ornamen batu dari berbagai negara, seperti India. Pemilihan bahan yang tidak asal-asalan juga menambah nilai jual Henju sebagai produk aksesori minimalis yang elegan.

Pembeli juga bisa memilih langsung produk di toko atau memesan sesuai keinginan. Ia membanderol produk Henju mulai dari USD 5 sampai 200.

 

Tidak Selalu Mulus

Aksesoris minimalis dari Yogyakarta berhasil tembus pasar ekspor dan meraup omzt USD 8.000 (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Pemasaran produk Henju by Gracy juga menemukan kendala. Salah satunya, riset soal kata kunci supaya produknya bisa tampil di laman pertama Google.

"Kami selalu berusaha mencari kata kunci populer dan yang memungkinkan untuk langsung tampil di laman pertama mesin pencari Google," ucapnya.

Gracy juga memanfaatkan aplikasi Google Bisnisku untuk membantu mengatur waktu pengelolaan toko dan hari libur pekerja. Aplikasi itu juga menolongnya untuk mendata jumlah orang yang mencari alamat Henju by Gracy lewat mesin pencari Google.

"Pernah ada pembeli dari Belanda lagi liburan ke Yogyakarta, dia menemukan lokasi toko kami lewat Google," ujarnya.

Gracy juga tidak menampik pengiriman barang ke luar negeri tidak selalu mulus. Ia pernah mengalami tiga kali kehilangan barang dalam ekspedisi.

Meskipun demikian, ia menganggap hal itu masih wajar. Jika ada barang yang hilang, ia langsung mengganti dan mengirimkan ulang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Pariwisata Sukses Raih Penghargaan The Best Ministry of Tourism

Posted: 20 Sep 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Thailand Kementerian Pariwisata (Kemenpar) secara resmi menerima penghargaan Kategori The Best Ministry Of Tourism atau Best National Tourism Organization (NTO) di ajang TTG Travel Awards 2018. Penghargaan ini diserahkan dalam acara Awards Ceremony & Gala Dinner 29th Annual TTG Travel di Centara Grand & Bangkok Convention Centre, Thailand, Kamis (20/9/2018).

Penghargaan diserahkan oleh Managing Director TTG Asia Media, Darren Ng, kepada Duta Besar Indonesia untuk Thailand, Ahmad Rusdi. Turut mendampingi untuk menerima penghargaan ialah Tenaga Ahli Menteri Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata Kemenpar I Gde Pitana, Ketua Tim Pemenangan Wonderful Indonesia Vita Datau, dan Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Masruroh.

"Ini penghargaan yang luar biasa untuk Kemenpar, dan ini hasil dari voting pembaca TTG Asia yang sebarannya ke seluruh dunia. Kami lakukan award ini dengan sangat maksimal dan melibatkan para pelaku pariwisata maupun pembaca setia, jadi selamat untuk Kemenpar," ujar Darren.

I Gde Pitana pun merasa bangga dengan raihan tersebut. Dia mengatakan, selama berkarir di Kemenpar selama puluhan tahun, baru sekarang Indonesia bisa mendapatkan penghargaan sebagai lembaga pemerintah di bidang pariwisata terbaik Asia.

Hal itu sebuah pengakuan yang tidak mudah didapatkan. Pitana pun menyampaikan rasa hormat yang setinggi-tingginya dan setulus-tulusnya kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sudah menjadi nakhoda Kemenpar serta membawa kemajuan dengan akselerasi fenomenal bagi pariwisata Indonesia.

"Selamat untuk Kemenpar, selamat untuk segenap insan pariwisata, majulah pariwisata Indonesia. Wonderful Indonesia," ucap Pitana.

Hal senada juga diungkapkan Vita Datau. Menurutnya, penghargaan untuk Kemenpar dan bangsa Indonesia ini sesuatu yang membanggakan dan luar biasa. Terlebih lagi, penghargaan ini datang dari media berbasis pariwisata dan memiliki pembaca yang berasal seluruh pelaku pariwisata di Asia Pasifik dan dunia.

"Dan ini dilakukan dengan cara voting oleh para pembaca setia dan pelaku pariwisata. Lagi-lagi, branding kita sudah sangat luar biasa di luar negeri. Alhamdulillah, Wonderful Indonesia sudah sukses meraih sejumlah penghargaan internasional," kata Vita.

Ia menjelaskan, TTG adalah tabloid khusus pariwisata yang selalu eksis di setiap travelmart di seluruh dunia. Media ini didirikan sebagai Travel Trade Gazette pada 1953 dan bergerak di liputan pariwisata.

TTG Travel Awards adalah penghargaan bergengsi bagi industri travel se-Asia Pasifik sejak tahun 1989. Acara tahunan ini bertujuan untuk menghormati organisasi dan individu dalam berbagai kategori. Contohnya, travel supplier, travel agency, serta outstanding achievement and travel hall of fame. Acara ini digelar oleh TTG Asia dengan dukungan dari TTG India, TTG China, TTG Mice, TTG Associations, TTC BT Mice China, dan TTG Asia Luxury.

Sejak pertama kali dimulai, acara penghargaan tersebut tumbuh secara signifikan, baik dalam segi industri yang dinilai maupun jumlah penghargaan yang diberikan. Selain dari pembaca, voting juga diambil dari para profesional industri dan para pelaku pariwisata.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, juga bangga dengan keberhasilan Wonderful Indonesia di ajang apapun dalam momen apapun. Ia mengatakan, award begitu penting bagi bangsa karena tiga alasan, Confidence, Credibility, dan Calibration (3C).

Dalam hal confidence, penghargaan akan menaikkan tingkat kepercayaan diri bangsa. 

"Kemenangan-kemenangan tersebut akan meningkatkan self confidence kita dan membawa kita untuk yakin menuju kemenangan berikutnya. Terima kasih kepada seluruh pembaca dan pihak yang terkait Award di TTG Asia," ujar Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kebun Binatang Australia Suguhi Video Porno kepada Dua Panda, Untuk Apa?

Posted: 20 Sep 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Adelaide - Pengelola Kebun Binatang Adelaide bertarung dengan waktu untuk membuat kedua panda raksasa mereka, Wang Wang dan Fu Ni, kawin. Ketika upaya mencomblangkan keduanya secara alami gagal, mereka menjajaki penggunaan video porno untuk membangkitkan libido kawin satwa itu.

Namun, harapan seluruh staf dan petugas di Kebun Binatang Adelaide agar kedua ekor panda peliharaan mereka segera kawin kembali pupus.

Setelah segala sesuatunya dilakukan untuk membuat perkawinan alami terjadi, baik Wang Wang dan Fu Ni, ternyata tidak kunjung menunjukkan hasrat untuk kawin.

Dokter hewan senior dan kepala mak comblang, Ian Smith menjelaskan, jendela singkat kesuburan pada satwa panda yang hanya berlangsung selama 36 jam dalam setahun berakhir tanpa Wang Wang dan Fu Ni berhasil kawin.

"Tahun ini adalah peluang yang paling nyaris bagi kami untuk memiliki kedua panda itu bisa kawin secara alami," kata Ian Smith.

"Wang Wang terlihat sudah sedikit lebih dominan [dan] dia sudah mengambil posisi, tapi saya pikir Fu Ni mungkin menghendaki lebih banyak rayuan dan sedikit lebih banyak waktu.

"Kalau saja itu proses kawin keduanya semudah menyodorkan bunga dan cokelat."

Video Porno Panda

Kebun binatang Adelaide sedang berusaha memahami mengapa kedua panda peliharaan mereka bersikeras menjaga hubungan mereka tetap bersifat platonis.

Ian Smith mengatakan Adelaide adalah satu-satunya kebun binatang di dunia di luar China yang telah menerima sepasang panda yang belum dewasa dan belum matang secara seksual.

Jadi, kawin bukanlah tugas yang mudah bagi panda yang belum berpengalaman, mengingat mereka adalah dua panda di belahan bumi selatan.

"Mereka tiba sebagai panda yang sangat tidak berpengalaman. Mereka mungkin tidak pernah melihat hal semacam itu terjadi sehingga sedikit seperti kisah 'The Blue Lagoon'," kata Smith, mengacu pada film di era 1980-an.

Mengingat kondisi ini kebun binatang memutuskan untuk mengajari kedua panda raksasa mereka soal reproduksi melalui video porno satwa panda sedang kawin. Proses yang sudah banyak diterapkan di luar negeri untuk memicu libido panda.

"Anda bisa mendapatkan pornografi panda di TV, saya yakin jika Anda mencari di YouTube (Anda akan menemukannya), lakukan di komputer rumah Anda bukan di tempat kerja Anda."

Langkah ini ditempuh lantaran Kebun Binatang Adelaide sedang bertarung dengan waktu, dan itu bukan karena persoalan jam biologi Wang Wang dan Fu Ni, tetapi lebih ke persoalan kontrak.

China menguasai kepemilikan semua panda di seluruh dunia, dan perjanjian dengan Kebun Binatang Adelaide selama 10 tahun akan berakhir tahun depan.

Direktur Kebun Binatang Adelaide, Elaine Bensted, mengatakan kontrak untuk memelihara panda Wang Wang dan Fu Ni di Adelaide mencapai satu juta dolar AS setahun dan apakah kontrak itu akan dilanjutkan sangat tergantung pada dana dari pemerintah persemakmuran yang berkelanjutan.

"Dana semacam itu di luar sumber daya kami, kami tidak bisa melakukan itu," kata Bensted.

"Tidak ada jaminan, tapi kami selalu mengatakan ingin menyimpan panda raksasa di Kebun Binatang Adelaide."

 

Simak video pilihan berikut:

Opsi Inseminsai Buatan

(ilustrasi) Panda Cai Tao bersiap mengambil tumpeng yang di dalamnya berisi wortel dan batang, daun serta irisan bambu, makanan kesukaannya hadiah ulang tahunnya ke-8 dari pengelola Taman Safari Indonesia Jawa Barat, Sabtu (4/8/2018). (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sekali lagi harapan kebun binatang Adelaide untuk segera memiliki bayi panda yang lucu tampaknya harus diserahkan pada proses inseminasi buatan.

Mereka sudah mencoba hal ini sebelumnya, tetapi tidak berhasil. Meski demikian, Direktur Kebun Binatang Adelaide Elaine Bensted menjelaskan Adelaide tidak sendirian di sana.

"Di luar China, mereka benar-benar memiliki hasil yang sangat beragam (dengan inseminasi buatan)," katanya.

"Kebun Binatang Wina sangat sukses dengan perkembangbiakan panda, tetapi ada banyak kebun binatang lain yang belum mencapai kehamilan, meskipun memiliki panda dalam jangka waktu yang sama bahkan lebih lama dari Kebun Binatang Adelaide."

Meskipun memiliki sistem pencernaan karnivora, panda nyaris hanya mengkonsumsi bambu, terutama pada bagian akar, tunas dan daun, menurut situs web China Highlight. Tidak mengherankan jika kehamilan panda juga tidak terlihat jelas.

"Jadi, sekarang kita hanya duduk dan menunggu," kata Bensted.

"Sangat sulit untuk mengatakan kapan panda betina benar-benar hamil, jadi mulai sekarang kita memperlakukan dia seperti layaknya dia sedang hamil.

"Rata-rata usia kehamilan panda itu 4 – 4,5 bulan, tetapi ada beberapa di dunia yang hanya lebih dari tiga bulan dan satu yang mendekati 12 bulan setelah inseminasi.

"Mereka menantang hewan ini untuk berkembang biak di penangkaran."

Pengujian menunjukkan tidak ada hambatan biologis terhadap Fu Ni dan Wang Wang untuk bereproduksi secara alami, karena keduanya dinyatakan subur.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PSMS Vs Persela: Wajib Menang

Posted: 20 Sep 2018 08:30 PM PDT

Jakarta - PSMS Medan mengusung misi menang saat menjamu Persela Lamongan pada laga pekan ke-23 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Teladan, Medan, Jumat (21/9/2018). Kemenangan dibutuhkan PSMS agar tidak terus terpuruk di papan bawah klasemen Liga 1.

PSMS saat ini masih berada di dasar klasemen dengan raihan 20 poin dari 21 pertandingan. Untuk itu, pelatih PSMS, Peter Butler, menekankan kepada pemain untuk bekerja keras dan yakin bisa memenangkan pertandingan.

Apalagi, anak-anak Medan membawa modal bagus ketika menahan tuan rumah Perseru Serui di pekan ke-22 (16/9/2018).

"Saya selalu menekankan kepada pemain untuk tetap optimistis dan yakin dapat tiga poin. Semua harus bekerja keras, disiplin, dan fokus agar tidak tergelincir," kata Peter Butler.

Namun, ada dua problem yang menghinggapi mantan pelatih Persipura Jayapura tersebut, yakni pemain absen dan recovery. PSMS dipastikan kehilangan dua pemain di sektor belakang karena menjalani hukuman akumulasi kartu yakni Reinaldo Lobo dan Gusti Sandria.

Posisi Gusti di bek kiri paling rawan mengingat PSMS sudah kehilangan Firza Andika yang masih bergabung dengan Timnas Indonesia U-19.

Posisi Lobo bakal diisi Muhammad Roby untuk membentuk trio bek sentral bersama Alexandros Tanidis dan Roni Fatahillah. Sedangkan posisi Gusti diisi Erwin Ramdhani maupun Danie Pratama.

"Memang akan ada ada sedikit pergantian formasi karena ada pemain yang absen. Belum lagi kami mengalami problem recovery setelah perjalanan jauh dari Serui. Namun, kami bertekad untuk menang di laga nanti," tegas pelatih asal Inggris itu.

Persela Tetap Menyerang

PSMS dan Persela sama-sama tak mau terlepeset saat kedua tim bentrok di Stadion Teladan, Medan, Jumat (21/9/2018). (Bola.com/Adreanus Titus)

Situasi hampir sama dihadapi Persela. Tim tamu ini datang tanpa diperkuat dua gelandang bertahan, Syahroni dan Ahmet Atayev, yang menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Meski begitu, hal itu tak menyurutkan ambisi Persela untuk mencuri poin.

Seperti diungkapkan pelatih Persela, Aji Santoso, timnya ingin melanjutkan tren positif. Bagi Aji, berapa pun poin yang didapat sangat penting bagi Persela untuk tetap berada di posisi 10 besar klasemen sementara Liga 1 2018.

"Laga ini sangat berat karena kami tidak diperkuat beberapa pemain inti. Tapi, kami tetap berusaha mencuri poin agar kami bisa menjaga persaingan di kompetisi yang sangat ketat seperti ini," ujar Aji.

Aji mengungkap telah menyiapkan formula khusus untuk menghadapi pertandingan ini. Ia juga mengubah komposisi tim menyusul absennya beberapa pemain pilar. Hanya, Aji tak menyebutkan apakah ia akan kembali menggunakan formasi lama (4-2-3-1) atau formasi baru (4-3-2-1).

Ada kesan Aji sengaja merahasiakan formasi yang ia terapkan untuk mengejutkan tuan rumah. Setidaknya, dari perubahan formasi dan skema main yang ia terapkan, PSMS butuh waktu untuk membaca permainan Persela. "Saya berharap pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik," kata Aji.

Seperti pada laga-laga sebelumnya, Persela tidak akan tampil cenderung bertahan. Maklum, Aji tergolong pelatih yang doyan permainan menyerang sehingga PSMS wajib waspada.

Prakiraan Susunan Pemain

PSMS Medan (3-4-3): Abdul Rohim (kiper); Roni Fatahillah, M Roby, Alexandros Tanidis (belakang); Frediyan Wahyu, Legimin Raharjo, Shohei Matsunaga, Erwin Ramdhani (tengah); Felipe Martins, Frets Listanto Butuan, Antony Putro Nugroho (depan)

Pelatih: Peter Butler

Persela Lamongan (4-2-3-1): M. Ridwan (kiper); Eky Taufik, Wallace Costa Alves, Arif Satria, Ahmad Birrul Walidain (belakang); Ahmad Subagja Baasith, Syamsul Arifin, Gian Zola, Fahmi Al Ayyubi, Diego Assis, (tengah); Loris Arnaud (depan)

Pelatih: Aji Santoso

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bos Realme: Kami Akan Beri Kejutan untuk Indonesia

Posted: 20 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Realme mengumumkan ekspansi bisnisnya ke Indonesia, yang mana menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang akan kedatangan smartphone terbaru Realme. Kabar ekspansi bisnis smartphone Realme ke Indonesia diketahui melalui postingan Twitter Chief Product Officer Realme, Levi Lee.

Untuk memastikan kabar tersebut, Tekno Liputan6.com berkesempatan bertemu dengan Josef Wang, Marketing Director of Realme SEA untuk mengkonfirmasi kehadiran Realme yang diperkirakan tidak lama lagi.

"Kami bakal menggelar acara peluncuran smartphone dalam waktu dekat. Tunggu kejutan dari kami," ujar Josef saat berbincang santai dengan Tekno Liputan6.com di Jakarta, belum lama ini.

Kehadiran Realme di Indonesia cukup beralasan. Ia menuturkan Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi pasar smartphone terbesar keempat di dunia.

"Kedatangan kami ke Indonesia cukup beralasan. Pertama, Indonesia merupakan salah satu negara dengan potensi pasar smartphone terbesar keempat di dunia. Kedua, pengguna smartphone di Indonesia masih cukup di dominasi oleh anak muda sebagai pasar utama kami. Ketiga, kami memiliki strategi untuk menjadi game-changer di Indonesia," ucap Josef menjelaskan.

Kehadiran Realme di Indonesia

Pria berkacamata ini menyebut, anak muda masih belum secara total dipenuhi oleh produsen smartphone lainnya. Anak muda menginginkan sebuah smartphone yang memiliki performa dan daya tahan baterai yang tinggi serta ditunjang desain stylish.

"Itulah alasan Realme berdiri. Hal ini juga yang berusaha kami penuhi untuk masuk secara resmi ke industri smartphone Indonesia," pungkas Josef.

Realme 2 Segera Melenggang di Indonesia

Josef Wang, Marketing Director of Realme SEA. Liputan6.com/Iskandar

Smartphone perdana yang disebut-sebut akan melanggang di Indonesia adalah Realme 2. Josef mengatakan smartphone ini dipastikan akan segera rilis secara resmi di Tanah Air. Namun sayangnya, ia masih belum mau mengungkap tanggal peluncurannya.

Mengenai harga resmi dari Realme 2 di indonesia, pria murah senyum ini hanya memberikan sedikit bocoran.

"Realme 2 akan dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda dari pasar India. Harga smartphone ini di Indonesia kemungkinan di bawah Rp 2 juta," ungkapnya.

Realme 2 sendiri merupakan produk perdana perusahaan yang bakal rilis di Indonesia. Sebelumnya, vendor smartphone asal Tiongkok tersebut sukses merilis produk pertamanya yaitu Realme 1, yang terjual 100.000 unit dalam waktu 8 menit di Amazon India.

"Sementara Realme 2 sukses terjual sebanyak 200.000 unit hanya dalam 5 menit di Amazon India," ucap Josef menambahkan.

 

Spesifikasi Lengkap

Tampilan Oppo Realme 1 yang baru saja meluncur (sumber: NDTV)

Untuk pasar India, Realme 2 menjalankan sistem operasi Android 8.1 dengan pilihan warna biru, merah, dan hitam serta dilengkapi sensor sidik jari di bagian belakang bodi.

Smartphone ini diperkuat prosesor octa core Snapdragon 450 dengan clock speed 1.8 GHz. Ditambah RAM 4GB, grafis Adreno 506, dan memori internal 64GB yang bisa diekspansi hingga 256GB via kartu micro SD.

Realme 2 diperkuat daya baterai 4.230mAh dengan layar sentuh 6,2 inci (720 x 1520 piksel dan kerapatan 271ppi).

Di sektor fotografi, Realme 2 dilengkapi dual camera utama dengan konfigurasi 13MP + 2MP dan kemara selfie 8MP.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dian Sastrowardoyo Senang Tak Jadi Pacar Nicholas Saputra Lagi

Posted: 20 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dian Sastrowardoyo kembali dipertemukan dengan Nicholas Saputra lewat film Aruna & Lidahnya. Buat Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra sudah punya tempat tersendiri di hatinya perihal akting. Terlebih lagi keduanya sukses menjadi sepasang kekasih dalam film Ada Apa Dengan Cinta (AADC).

Selain bermain dalam film AADC, Dian Sastrowardoyo juga sempat dipertemukan dengan Nicholas Saputra dalam film Tiga Doa Tiga Cinta. Di film tersebut, mereka kembali didapuk menjadi sepasang kekasih.

Di film Aruna & Lidahnya, Dian Sastrowardoyo kembali disandingkan dengan Nicholas Saputra, bedanya mereka tak dijadikan sepasang kekasih. Lucunya, ketika mengetahui hal itu Dian Sastrowardoyo malah girang.

"Kalau ketemu Nicho di kerjaan 'Yah bro gue jadi pacar lo lagi' pacaran dari berbagai bentuk. AADC jadi pacaran pas SMA, ketemu lagi pas sudah tua. Di Tiga Doa Tiga Cinta aku jadi penyanyi dangdut, dia jadi santri, terus sampai membayangkan dia segala macam," ucap Dian Sastrowardoyo ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

"Di sini kesempatan yang beda banget, bisa enggak sih kita tawarkan dinamika berbeda ke penonton Indonesia. Mungkin selama ini pikirannya kan Nicholas tuh sama Dian pasti pasangan. Nah kali ini kita bersahabat dan aku senang sih," Dian Sastro menambahkan.

Tak Ada Kendala

Dian Sastrowardoyo (Nurwahyunan/bintang.com)

Dalam kehidupan nyata, pertemanan antara Dian Sastro dan Nicholas Saputra memang sangat dekat. Tak heran ketika beradu akting menjadi sahabat, keduanya tak mengalami kendala apa pun.

"Beberapa adegan sama Nicho doang dan perbincangan saya rasanya natural banget. Kita timpali bukan kayak menghafal skrip. Kerja bareng Nicho dan real life. Coba kita hadirkan pertemanan saya dan Nicho. Santai banget ngomongin makanan, ngomongin apa, enggak ada jaim," papar Dian Sastrowardoyo.

Merasa Puas

Dian Sastrowardoyo

Karena hal itu, pemeran karakter Cinta itu merasa puas dengan film Aruna & Lidahnya. Beberapa adegannya dengan Nicholas Saputra menunjukkan kalau mereka memang sangat dekat satu sama lain.

"Cukup senang hasilnya kayak cukup believable memang we're good friends," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: