Rabu, 19 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Teknologi Tesla yang Satu Ini Cocok untuk Emak-Emak

Posted: 19 Sep 2018 10:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lampu sein merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk memberikan informasi ke pengguna jalan lainnya. Namun, masih ada yang salah menggunakan fitur ini, misalkan emak-emak.

Tentu hal tersebut menyebalkan. Supaya hal itu tak terjadi lagi, Tesla kini mematenkan teknologi sein otomatisnya, seperti melansir Paultan.

Menurut CNET, teknologi itu menggunakan sumber data self-driving (bagian autopilot),yang dialiri oleh sensor steering angle, kamera, sensor ultrasonik, dan lainnya untuk menentukan apakah pengemudi ingin mengubah jalur atau berbelok.

Setelah selesai melakukan komputasi, sistem mencari kendaraan lain di sekitar mobil dan mengaktifkan lampu sein.

Tesla mengatakan, sistem otomatis ini lebih baik daripada peringatan seperti Lane Keeping Assist. Tesla pun telah mematenkan teknologi itu secara internasional, dan pabrikan California itu berencana untuk menggunakan sensor dan prosesor untuk membuatnya lebih maksimal.

"Namun, karena sein diaktifkan secara manual oleh pengemudi, sering kali pengemudi lupa mengaktifkan sumber lampu sein sebelum mengubah arah perjalanannya. Situasi ini bisa berbahaya, terutama di jalan berkecepatan tinggi, dan sering menjadi penyebab kecelakaan kendaraan atau contoh kemarahan di jalan," terang pihak Tesla. Detail lebih lanjut soal sein otomatis ini belum terungkap.

Sumber: Otosia.com

 

 

Dear Pengendara Motor, Jangan Tiru Emak-Emak yang Satu Ini

Jangan tiru emak-emak yang satu ini. (Foto: Instagram/newdramaojol.id)

Motor, jalan raya, dan emak-emak adalah tiga hal yang belakangan ini menjadi viral di dunia maya. Sebab, beberapa emak-emak yang berkendara di jalan raya memiliki karakter berkendara yang unik.

Bahkan hingga memunculkan istilah, seperti the power of emak-emak. Istilah tersebut nampaknya juga tergambar pada video yang diunggah ke beberapa akun sosial media, salah satunya @newdramaojol.id.

 

 

 

Pada video yang diambil oleh pengendara lain di traffic light itu, nampak seorang ibu berbaju hijau tak mengenakan helm. Parahnya, ibu tersebut tak mengindahkan lampu lalu lintas yang sedang menyala merah.

Dengan santainya ia menerobos lampu merah dan hendak berbelok ke arah kanan di persimpangan itu. Tindakan ibu itu cukup membuat kacau pengendara dari arah berlawanan karena hampir saja menabrak ibu itu.

Beruntung, para pengendara itu sigap untuk menghindari emak-emak yang tak patuh aturan tersebut.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Studi: Pria Pendek Lebih Gampang Marah

Posted: 19 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Marah memang menjadi bentuk luapan emosi yang normal ditujukkan setiap orang. Biasanya karena sejumlah hal yang bikin kesal, jengkel, dan benci memicu perasaan marah pada seseorang.

Namun nyatanya, bedasarkan hasil studi mengungkapkan bahwa orang bertubuh pendek ternyata lebih rentan marah. Riset tersebut dilakukan oleh pusat pengendalian penyakit di Atlanta, Georgia.

Dilansir dari World of Buzz, untuk melaksanakan riset tersebut, peneliti melibatkan 600 pria dari usia 18 sampai 50 tahun. Mereka sengaja memilih gender pria karena persepsi bahwa mereka lebih sering beralih pada tindak kekerasan dan kejahatan.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa laki-laki yang merasa kurang maskulin ternyata berisiko melakukan tindak kejahatan. Salah satu ukuran maskulin menurut para pria, bisa dilihat dari tinggi badan mereka. Para pria yang merasa diri mereka kurang dari tinggi rata-rata, menganggap mereka kurang maskulin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Dapat memicu stres

(Foto: Istimewa)

Hal tersebut bisa memicu sebuah fenomena stres akibat kesenjangan di antara laki-laki. Stres tersebut dapat mengakibatkan munculnya risiko tiga kali lebih besar bagi pria yang merasa diri mereka pendek, untuk meluapkan emosi marah mereka termasuk sampai melakukan tindak kekerasan.

Uniknya, penelitian ini juga didukung oleh riset yang pernah dilakukan tim Universitas Oxford yang mengklaim adanya 'Sindrom Manusia Pendek'.

Bedasarkan hasil penelitian tim Oxford, menurunkan tinggi badan ternyata mampu meningkatkan rasa mudah terluka dan takut pada seseorang. Kedua hal itu dapat memicu perasaan marah lebih cepat.

Sebenarnya tingkatan stres dan rentan seseorang mudah marah juga didukungan dengan standar tubuh pada masyarakat. Stereotip masyarakat dalam melihat tubuh wanita dan pria, berperan besar pada munculnya masalah lain yang melibatkan emosi seseorang.

Bagi wanita, mungkin berat badan dan ukuran sejumlah bagian tubuh lain menjadi masalah. Tapi bagi pria, tinggi tubuh mereka ternyata juga bisa menjadi hal yang rentan untuk dibicarakan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disikat Real Madrid, AS Roma Ingin Fokus Serie A

Posted: 19 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Roma - AS Roma menjalani laga tandang melawan Real Madrid di babak penyisihan Grup H Liga Champions 2018/19, Kamis (20/9) dini hari WIB di Santiago Bernabeu. Roma kalah dengan skor 3-0 dari gol Isco, Gareth Bale dan Mariano Diaz.

Hasil ini membuat Roma untuk sementara ada di dasar klasemen Grup G. Berbanding terbalik dengan Real Madrid yang berada di puncak klasemen.

Kapten Roma, Danielle De Rossi, mengaku Roma kalah dari banyak aspek dibanding Madrid. Apalagi, Roma seperti kehilangan semangat juangnya dan membiarkan Real Madrid tampil dengan gaya bermain yang jadi ciri khasnya.

"Anda akan selalu terdemoralisasi ketika bermain lawan tim yang memaksa Anda untuk lebih banyak berlari tanpa mendapat bola," ujar De Rossi pada Sky Sports.

"Kami punya beberapa peluang berbahaya dari serangan balik, tapi mereka punya pemain belakang yang tangguh. Begitu juga pemain depan. Jadi, tidak mudah bagi kami untuk melawan Madrid," kata pemain 35 tahun tersebut menegaskan.

 

Fokus Bologna

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (tengah) menendang bola ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Kekalahan melawan Real Madrid tentu menyisakan cerita getir bagi Roma. Sebab, Serigala Ibukota kini berada dalam tren negatif belum pernah menang pada lima laga terakhir. Tapi, De Rossi meminta Roma untuk segera fokus.

"Kami menunjukkan sikap yang lebih baik daripada minggu lalu. Kami hanya bisa bekerja lebih keras, fokus pada laga melawan Bologna dan bukan pada hal lain. Kami butuh poin di Serie A dan itu akan sulit," tegas De Rossi.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bangunan Mirip Candi Tempat Orang Suci Ditemukan di Lereng Gunung Wilis

Posted: 19 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Kediri - Bangunan berbentuk mirip candi peninggalan kerajaan Kadiri ditemukan diatas lereng kaki Gunung Wilis. Lokasinya berada di area Hutan KPH Kediri di Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri.

Bangunan berbentuk mirip arca tersebut diyakini sebagai Widaya Mendala Kaguruan atau tempat bergurunya para orang suci atau resi.

Temuan ini menguat, setelah ditemukan barang purbakala di lokasi berupa batu bata struktur candi serta sebuah patirtan dan peripih mirip pecahan uang koin.

"Biasanya Patirtaan digunakan untuk membersihkan diri sebelum melakukan kegiatan ritual atau ibadah," tutur Endah Setiyowati, Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Disbudparpora Kota Kediri, Rabu 19 September 2018.

Guna membuktikan keaslian benda purbakala tersebut, pihak Disbudparpora mendatangkan Balai Pelesetarian Cagar Budaya Trowulan Mojokerto Jawa Timur, untuk dilaksanakan penelitian sekaligus Esvakasi.

"Ada 17 orang dari BPCB yang sudah datang ke lokasi untuk Esvakasi tahap pertama. Esvakasi tahap kedua nunggu nanti tahun 2019," katanya.

Jika dilihat dari lokasi penemuan candi yang lokasinya berada disebelah selatan situs Goa Selomangkleng tempat Muksho (Bertapa untuk meninggalkan keduniawian) Dewi Kili Suci, kemungkinan ada saling keterkaitan satu sama lain.

Selain Goa Selomangkleng, di sekitar kawasan tersebut ada juga situs purbakala lainnya. Diantaranya Goa Selobale dan Goa Padedean "Kemungkinan masih ada keterkaitan, tetapi masih belum bisa dipastikan," ucapnya.

Jika dilihat dari lokasi Goa Selomangkleng yang dahulu kala dipergunakan Dewi Kili Suci untuk Muksho, kemungkinan mereka membuat candi yang dipergunakan untuk ritual (Bertapa) menuntut ilmu disana.

Untuk dapat mencapai lokasi penemuan benda purbakala mirip candi itu harus ditempuh dengan jalan kaki menyusuri hutan di lereng kaki Gunung Wilis. Jarak tempuh menuju ke atas kurang lebih 3 Kilo Meter. Jalanya yang menanjak diperlukan ke hati -hatian saat berjalan.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaaan dan Olahraga Kota Kediri, Nur Muhyar mengatakan, jika benda purbakala tersebut diduga kuat peninggalan zaman kerajaan Kadiri.

"Setelah dilakukan eskavasi memang sebagian dari peninggalan Kadiri sudah ditemukan, tetapi itu tahunya berapa masih dalam penelitan para ahlinya, para Arkeolog yang kita tunggu laporanya," tutur Nur Muhyar.

Sambil menunggu waktu eskavasi tahap kedua nantinya di tahun 2019, Nur Muhyar menghimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan banyak kegiatan disana. "Supaya tidak terjadi kerusakan, tidak terjadi pemindahan," ujar Nur Muhyar.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jack Ma: Tensi Dagang AS-China Bisa Sampai Dua Dekade

Posted: 19 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bos Alibaba Jack Ma mengatakan jika perang dagang antara Amerika Serika (AS) dan China bisa berlangsung hingga dua dekade dan membuat kacau pihak-pihak yang terlibat.

Jack Ma menyampaikan hal ini beberapa jam setelah Washington mengumumkan kenaikan tarif barang impor China sebesar USD 200 milar. Kebijakan tersebut kemudian membuat Beijing mengancam akan melakukan serangan balasan.

Dilansir dari Reuters, Kamis (20/9/2018), Ma mengatakan tensi dagang ini kemungkinan akan berdampak pada perusahaan China dan asing secara cepat dan berdampak buruk.

Dia memprediksi, pebisnis China akan memindahkan produksi mereka ke luar negeri dalam jangka menengah untuk mengakali tarif impor tersebut.

"Anda mungkin menang tempur, tapi Anda kalah perang," ungkap Ma.

Regulasi Perdagangan

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (AP PHOTO via Breitbart)

Pada kesempatan yang sama, Jack Ma juga mengkritik aturan dagang negaranya. Dia mendesak agar para pemimpin negaranya melihat kebijakan tarif yang ditetapkan Trump sebagai kesempatan untuk memperbaharui regulasi.

"Bahkan jika Donald Trump pensiun, presiden baru akan datang, dan ini akan tetap berlanjut. Kita memerlukan aturan dagang baru, kita perlu meng-upgrade WTO," katanya, mengacu pada Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization).

Hal ini ia sampaikan pada yang ia sebut sebagai pidato terakhirnya kepada para pemegang saham sebagai pemimpin perusahaan raksasa asal China.

Pengaruhi Bisnis Alibaba

alibaba

Walaupun dirinya mengelak spekulasi bahwa perang dagang yang tengah berlangsung berperan dalam pengunduran dirinya, Jack Ma mengakui perang tarif tersebut memengaruhi bisnis yang dia dirikan.

Saham Alibaba merosot sebesar 3,5 persen Senin (17/09/2018) kemarin. Namun, Jack Ma meyakinkan kepada investornya bahwa perusahaan berada di tangan yang benar di bawah kepemimpinan CEO baru Daniel Zhang. (Felicia Margaretha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Pilu Nursiah yang Putrinya Cacat Akibat Rubella

Posted: 19 Sep 2018 10:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta "Kalau ditanya dokter bilang apa soal anak saya (yang derita rubella)? Harapannya tidak ada. Operasi jantung sudah, mata sudah. Sekarang lagi terapi. Kemungkinan untuk sembuh kecil."

Ungkapan pilu itu disampaikan Nursiah (47), ibu dari dua anak yang tinggal di Lhokseumawe, Aceh. Raut wajah seketika menunjukkan kesedihan. Tatapan nanar dan airmata nyaris membanjiri wajahnya.

Kehidupan anak kedua Nursiah, Syakilla (8) harus terenggut oleh rubella. Kondisi Syakilla cacat dengan berbagai gangguan pada sarafnya. Ia sekarang tuli dan tidak bisa menelan. Untuk makan sehari-hari dengan bubur layaknya bayi. Ia baru bisa berjalan pada usia 4 tahun.

"Bukan belum bisa makan sendiri, tapi memang tidak bisa menelan. Ada gangguan saraf sehingga membuatnya kesulitan makan nasi. Syakilla juga rutin terapi macam-macam, ada terapi sensori integrasi (latih gerak sensorik) juga terapi kognitif (latih perkembangan otak dan perilaku)," ucap Nursiah saat diwawancarai awak media di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Jakarta, ditulis Rabu (19/9/2018).

Akibat tidak bisa mendengar, Nursiah sempat ingin memberikan implan koklea (alat bantu dengar). Namun, implan koklea urung diberikan. Implan koklea tidak akan bekerja efektif karena saraf pendengaran sudah rusak.

"Implan yang harganya ratusan juta itu tidak membantu. Anak rubella sudah terkena sarafnya. Jadi, sinyal pendengaran yang masuk (lewat implan koklea) tidak mampu terkirim ke otak," Nursiah melanjutkan.

 

 

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Tidak menangis saat lahir

Nursiah juga harus membeli tabung oksigen untuk Syakilla. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Syakilla terkena rubella rupanya sejak masih di dalam rahim. Saat hamil, Nursiah terpapar virus rubella. Padahal, ia mengaku, sebelum hamil sudah disuntik vaksin MR. Gejala rubella yang dialami Nursiah saat hamil tidak terdeteksi.

Nursiah menceritakan, saat dirinya hamil Syafilla pada usia 38 tahun, dokter kandungan tidak mengatakan ada sesuatu yang aneh pada bayi. Dokter tetap berkata, "Kandungannya sehat dan baik-baik saja." Ia pun rutin memeriksakan kehamilan.

Syafilla lahir secara caesar. Namun, ada yang aneh. Saat lahir, bayi Syafilla tidak menangis. Bahkan sudah ditunggu sampai 10 menit, Syafilla tidak menangis. Bayi baru lahir itu akhirnya dibawa ke ruang perawatan. Ia harus menjalani perawatan selama 10 hari. Bahkan saat Nursiah sudah boleh keluar dari rumah sakit, Syafilla masih harus dirawat di perawatan Intensive Care Unit (ICU).

Ada gangguan saraf yang dialami Syakilla. Setelah diperiksa lebih lanjut, Syafilla rupanya punya masalah jantung. Ia harus operasi jantung. Pada Syakilla berusia 2 tahun, didiagnosis kena rubella.

"Hasil diagnosis itu juga dari perawatan rumah sakit swasta di Banda Aceh. Ini karena di rumah sakit daerah, dokter spesialis jantung hanya 1 orang. Beliau melanjutkan studi ke luar negeri, lalu anak saya tidak tercover (tertangani)," lanjut Nursiah.

Akhirnya, Syakilla harus dibawa ke rumah sakit yang lengkap fasilitas di Banda Aceh. Untuk sampai ke Banda Aceh penuh perjuangan. Jarak dari rumah di Lhokseumawe ke Banda Aceh harus ditempuh enam jam.

Tak hanya soal jarak tempuh, Nursiah terpaksa beli tabung oksigen untuk Syakilla di jalan. Tabung oksigen yang ada di rumah sakit dan puskesmas hanya ada untuk orang dewasa.

 

Operasi jantung dan katarak

Nursiah menggunakan JKN-KIS untuk pengobatan operasi jantung dan katarak Syakilla. (Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Syakilla pernah kena demam saat berusia dua bulan. Deman tinggi disertai timbulnya bercak-bercak kemerahan. Nursiah mengira kondisi itu campak, bukan rubella.

"Saya enggak tahu itu rubella, tahunya ya campak. Sadarnya itu pas diagnosis campak dari dokter anak. Dia juga harus dites rubella. Untuk tes rubella, kami bayar sendiri Rp 2,5 juta," Nursiah menambahkan.

Selama pengobatan rubella, Nursiah sampai menemani Syakilla pergi ke beberapa rumah sakit di Medan dan Bandung, Jawa Barat. Pada tahun 2016, Syakilla menjalani operasi jantung. Ia dirujuk ke RS Harapan Kita, Jakarta. Seluruh pembiayaan operasis menggunakan fasilitas JKN-KIS.

"Alhamdulilah, gratis pakai JKN-KIS. Untuk berangkat ke Jakarta, tiketnya dibantu sama pemerintah daerah untuk Syakilla operasi jantung. Pas ke Bandung juga gitu. Pemda kami sangat care (perhatian)," lanjut Nursiah.

Setelah operasi jantung, Syakilla juga harus operasi katarak. Rubella sudah menyerang matanya dalam bentuk katarak sehingga penglihatan terganggu. Penglihatan perlahan-lahan pulih.

Selama 8 tahun inilah Syakilla terus menjalani pengobatan. Ia sekarang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB). Ada kendala di SLB. SLB di daerah tidak punya guru khusus untuk siswa yang punya penyakit penyerta, seperti yang dialami Syakilla.

"Guru tunarungu ada, tapi buat siswa yang memang tunarungu. Kewalahan juga guru tunarungu (bila menangani siswa yang punya penyakit penyerta)," tutup Nursiah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BTS Diundang Berpidato di Sidang Umum PBB ke-73

Posted: 19 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Pencapaian Bangtan Boys alias BTS ternyata tidak hanya menarik perhatian orang-orang dari dunia hiburan saja. Buktinya, BTS kini mendapat kehormatan untuk menghadiri Sidang Umum PBB ke-73 di New York, Amerika Serikat.

Tak hanya itu, BTS juga akan berbicara di depan majelis selama tiga menit, seperti dilansir dari Soompi, Kamis (20/9/2018).

Tokoh-tokoh penting seperti Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres, Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta H Fore, serta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung Sook, disebut akan menghadiri acara ini.

Seorang diplomat PBB menyebutkan bahwa kehadiran BTS yang merupakan seorang idola K-Pop ini, adalah satu hal yang terbilang luar biasa.

Generation Unlimited

BTS. (Soompi)

BTS akan menghadiri acara peluncuran program "Generation Unlimited" dari UNICEF pada 24 September mendatang.

Ini, adalah salah satu dari rangkaian acara Sidang Umum PBB yang berlangsung sejak 18 September kemarin. Agenda sidang yang berisi diskusi perwakilan negara-negara PBB sendiri, akan dimulai pada 25 September.

"Generation Unlimited" sendiri adalah program yang bertujuan untuk membuka kesempatan dan investasi bagi anak muda usia 10-24 tahun.

Mitra UNICEF

BTS. (Soompi)

Sebelumnya, BTS memang telah menjadi mitra UNICEF dalam sebuah kampanye bertajuk "Love Myself" pada Oktober 2017. Kampanye ini sukses besar, dan berhasil mengumpulkan dana sebesar US$ 1 juta pada Juni 2018.

Sementara itu, BTS kini tengah disibukkan dengan tur konser mereka, "Love Myself", di sejumlah kota di Amerika Utara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sarapan Nikmat dengan Diskon Setengah Harga di ARTOTEL Beach Club Bali

Posted: 19 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sarapan sambil menikmati pemandangan pantai indah menjadi agenda wajib yang harus dilakukan saat sedang bersandang ke Bali. Dengan menawarkan sejuta pesonanya, pantai-pantai di Bali tak pernah usai mendapat kunjungan dari ragam wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Bali di bulan September ini, maka ada penawaran menarik yang tak boleh terlewatkan. ARTOTEL Beach Club Bali menawarkan program Sweet O'Clock dengan menu sarapan beragam mulai dari Granola Bowls, Rostui, Quesadilla, hingga Eggs Benedict, dengan harga menjanjikan.

Menu yang beragam

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ARTOTEL Beach Club Sanur (@abcsanur) on

 Promo yang dimulai sejak tanggal 10 - 30 September 2018 dimulai dari pukul 8.oo pagi hingga 10.30 siang, Anda bisa mendapatkan potongan harga 50%. Konsep yang dihadirkan pun terbilang segar dengan memperkenalkan menu sarapan a la carte hasil racikan Executive Chef Manuel Effendi dengan pilihan ragam menu lokal, Asian dan menu Western favorit.

Selama program ini, Chef Manuel akan menyediakan hidangan khas ala barat dengan sentuhan berkelas. Salah satu item makanan yang tak boleh terlewatkan adalah pilihan menu Smashed Avocado yang disajikan dengan pickled red onions, beetroot feta whip dan poached egg yang sempurna. Tak ketinggalan, Mushroon Bruschetta, dengan variasi jamur yang beragam yang disajikan dengan garlic herb butter serta tarragin hillandaise yang semakin memuaskan menu sarapan Anda.

Tanpa minimal pembelian

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by ARTOTEL Beach Club Sanur (@abcsanur) on

 

Untuk menu Asian, Anda harus mencoba classic Kaya Toast dengan selai pandan kelapa. Coffee crumble, dan juga Kissed Sanur Reed yang dilengkapi dengan buah naga, mangga, pepaya dan coconut candy akan jadi variasi opsi lainnya yang seru untuk dicoba. Di sini, Anda juga bisa mencicipi Home-made Farmers Bread dan Pina Colada di mana keduanya merupakan menu terbaru dari seksi lokal.

Yang serunya adalah, penawaran ini berlaku tanpa minimal pembelian dan jumlah item yang tak terbatas. Jadi, tak ada alasan Anda untuk melewatkan kesempatan ini.

ARTOTEL BEACH CLUB - SANUR BALI

Jl. Danau Tamblingan 35, Sanur Bali 80227, Indonesia

Instagram: @abcsanur

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Ini Kapasitas Baterai iPhone XS, XS Max, dan XR

Posted: 19 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang tidak mengungkap secara terang-terangan soal rahasia dapur pacu iPhone terbarunya, iPhone XS, XS Max, dan XR. 

Paling-paling, perusahaan teknologi asal Cupertino, Amerika Serikat (AS) tersebut hanya sesumbar soal prosesor terbaru yang menopang iPhone teranyar ini, yakni A12 Bionic. Soal baterai dan RAM, mereka tak sedikitpun membocorkannya di Apple Event. 

Namun belum lama ini, regulator perangkat elektronik asal Tiongkok, TENAA, menguak soal kapasitas baterai pada iPhone XS, XS Max, dan XR.

Dilansir GSM Arena, Kamis (20/9/2018), ketiga iPhone tesebut mengusung kapasitas baterai yang berbeda.

iPhone XS, misalnya, mengusung kapasitas baterai yang paling 'kecil'. iPhone ini hanya ditopang baterai berkapasitas 2.658mAh, lebih kecil ketimbang iPhone X dengan baterai 2.716mAh.

Adapun iPhone XS Max mengusung baterai yang lebih besar, yakni 3.714mAh. Wajar saja baterainya lebih besar, mengingat XS Max adalah iPhone dengan ukuran layar yang lebih besar.

Terakhir adalah iPhone XR. Menariknya, iPhone XR yang digadang-gadang menjadi smartphone termurah Apple, malah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar ketimbang iPhone XS. Kapasitas baterai iPhone XR sendiri sebesar 2.942mAh.

 

iPhone XS Kemahalan, Bos Apple: Banyak yang Rela Bayar Lebih demi Inovasi

iPhone XS, XS Max, dan XR, yang diperkenalkan di Apple Event, Rabu (12/9/2018). Liputan6.com/Jeko I.R.

Beberapa hari lalu, Apple memperkenalkan iPhone terbarunya, yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

iPhone XS langsung diklaim sebagai iPhone paling mahal yang pernah dirilis oleh Apple.

Bagaimana tidak, iPhone XS Max menjadi varian paling mahal dibanderol mulai dari US$ 1.449 atau setara Rp 21,5 jutaan di Amerika Serikat (AS).

Apple pun terus mendorong inovasi yang sebelumnya dihadirkan pada iPhone X ke tingkat baru dengan harga yang juga baru.

Sekadar diketahui, saat meluncurkan iPhone X pada 2017, Apple membanderolnya seharga US$ 999 (setara Rp 14,8 jutaan). Namun, untuk membeli iPhone XS yang punya kapasitas penyimpanan lebih besar, konsumen diminta membayar jauh lebih mahal.

Dalam sebuah interview dengan Nikkei Asian Review, CEO Apple Tim Cook menjelaskan, tingginya harga iPhohe adalah sepadan dengan inovasi lebih tinggi yang diusung iPhone. Pelanggan pun, kata Cook, pasti akan bersedia membayarnya.

"Kami selalu berpikir, bahwa jika Anda memberikan banyak inovasi dan nilai, ada orang-orang yang bersedia membayar untuk itu. Bagi kami, itu adalah kelompok orang yang jumlahnya cukup banyak, sehingga kami bisa membuat bisnis yang wajar dari itu," tutur Cook sebagaimana dikutip dari Softpedia, Senin (17/9/2018).

Cook lebih lanjut menceritakan, banyak barang yang harusnya dibeli kini bisa didapatkan dalam satu perangkat.

"Hal ini (iPhone) telah mengambil hal-hal yang lebih jauh dibandingkan perangkat sebelumnya yang berdiri sendiri. Peran iPhone telah menjadi jauh lebih besar dalam kehidupan orang-orang," tutur Cook.

iPhone untuk Semua

Peluncuran iPhone XS di Apple Event, California. Liputan6.com/Jeko I.R.

Cook juga menjelaskan, perusahaan memperkenalkan iPhone XR dan iPhone 8 serta iPhone 8 Plus yang lebih terjangkau. iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih terus dijual.

Ini, kata Cook, menjadi cara Apple untuk membuat iPhone bisa tersedia untuk semua orang.

"Kami ingin melayani semua orang. Kami paham, ada berbagai hal yang dicari pelanggan dan berbagai macam harga yang dibayar orang," katanya.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mengenal Kursi Roda Khusus Atlet Basket

Posted: 19 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Asian Para Games 2018 segera digelar, beberapa cabang akan dipertandingkan seperti bola basket kursi roda. Nah, ada perbedaan kursi roda untuk para atlet dan yang biasa. Apa bedanya? Cek video berikut!

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keteteran Tugas Gubernur, Anies Baswedan Minta Nama Wagub DKI Diumumkan

Posted: 19 Sep 2018 09:59 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap DPRD dan Partai Koalisi tidak terlalu lama mengumumkan siapa yang akan menduduki kursi wakil gubernur DKI.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Alasannya, kata Anies, agar dia cepat mendapat wakil sehingga pembagian jadwal acara gubernur yang padat bisa dibagi dua. Saat ini ia cukup keteteran.

"Acara banyak banget. Kaya pagi ini, ini acara ke tiga. Pagi ini saya harus muter 2 acara. Kalau ada Sandi tuh tektok, bro pagi ya, iya siap. Nanti gantian dia WA kalau dia enggak bisa isi acara terus saya yang datang, jadi tektok ya enak. Itu salah satu faktor," katanya.

Anies berharap komunikasi antara dirinya dengan calon wagub bisa selancar komunikasinya dengan Sandiaga Uno.

"Saya harap nanti bisa leluasa komunikasi, seperti kemarin kapan saja bisa komunikasi, geser jadwal antar kita biasa aja. Enggak kaku, enggak kemudian kenapa sih diganti. Kalau Sandiaga gak bisa saya isi, kalau saya gak bisa Sandi isi," ucapnya.

Anies juga masih enggan berkomentar beberapa nama yang beredar sebelum resmi diumumkan DPRD DKI.

"Kalau sudah nanti resmi nanti saya komentari namanya. Aman dong. Sebelum resmi saya jangan komentar nama dong," ucap Sandiaga.

 

Kader PKS

Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengaku partainya bersama koalisi masih memproses Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Ia yakin kader PKS akan dipercaya menjadi pendamping Anies Baswedan menjadi orang nomor dua di Ibu Kota.

"Masih dalam proses. Insyaallah kami masih percaya dengan komitmen yang telah diberikan oleh Pak Prabowo dan saya yakin kalau Pak Prabowo memutuskan, kader Gerindra juga akan menerima dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan semuanya. Masak Gerindra mau ngambil semuanya," kata Hidayat di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Hidayat berpendapat Gerindra akan menghormati koalisi yang selama ini dibangun dengan PKS. Salah satunya, dengan mempercayakan kader PKS mendampingi Anies di Ibukota.

"Tentu maksudnya bukan masuk semuanya. Tapi dalam politik itu kan mengenal fatsun. Fatsun, komitmen kebersamaan yang selama ini kita bangun," ucap Hidayat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Temui Suu Kyi, Menlu Inggris Kunjungi Myanmar

Posted: 19 Sep 2018 09:54 PM PDT

Menlu Inggris, Jeremy Hunt mendengarkan penjelasan saat mengunjungi Asosiasi Pendampingan Tahanan Politik di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui Aung San Suu Kyi. (AP/ Ye Aung Thu)

Menlu Inggris, Jeremy Hunt mendengarkan penjelasan saat mengunjungi Asosiasi Pendampingan Tahanan Politik di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui Aung San Suu Kyi. (AP/ Ye Aung Thu)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengunjungi Asosiasi Pendampingan Tahanan Politik di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui Aung San Suu Kyi. (Ye Aung THU / POOL / AFP)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengunjungi Asosiasi Pendampingan Tahanan Politik di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui Aung San Suu Kyi. (Ye Aung THU / POOL / AFP)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengunjungi Asosiasi Pendampingan Tahanan Politik di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui Aung San Suu Kyi. (Ye Aung THU / POOL / AFP)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengunjungi Asosiasi Pendampingan Tahanan Politik di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui Aung San Suu Kyi. (Ye Aung THU / POOL / AFP)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengunjungi Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. (AP/ Ye Aung Thu)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt mengunjungi Pagoda Shwedagon di Yangon, Myanmar. Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. (AP/ Ye Aung Thu)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt berdoa ketika mengunjungi Pagoda Shwedagon di Yangon, Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. (Ye Aung THU / POOL / AFP)

Menteri Luar Negeri Inggris, Jeremy Hunt berdoa ketika mengunjungi Pagoda Shwedagon di Yangon, Rabu (19/9). Hunt tiba di Myanmar untuk mengunjungi pusat krisis Rohingya dan menemui pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. (Ye Aung THU / POOL / AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemnaker Pastikan Tenaga Kerja Asing yang Viral di Bekasi Merupakan Pekerja Legal

Posted: 19 Sep 2018 09:53 PM PDT

Liputan6.com, Bekasi Belum lama ini viral video berisi dugaan Tenaga Kerja Asing (TKA) menjadi pekerja kasar di Bekasi. Menanggapi video itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) segera melakukan pemeriksaan terhadap perusahaan kereta api cepat Jakarta-Bandung (PT KCIC) dan Sinohydro Co. Ltd (SINOHYDRO) selaku vendor atau kontraktor pelaksana.

Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pelacakan dokumen izin kerja, Kemnaker tidak menemukan adanya pelanggaran izin penggunaan TKA. TKA yang bekerja di sana memiliki status legal dan izin dan jabatan yang sesuai.

"Kalau dilihat dari jabatannya ini adalah TKA yang profesional dan setelah kita cek memang sesuai dengan izin yang ada di Kemnaker," ujar Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri saat membuka job fair di BBPLK Bekasi, pada Rabu (19/9/2018).

Dirinya pun meminta masyarakat tenang dan tidak terprovokasi dengan isu yang dilebih-lebihkan terkait beredarnya video ini. Hanif mengatakan, dalam video itu juga terlihat tenaga kerja lokal sebagai pendamping TKA.

"Artinya ada TKI sebagai pendamping sesuai ketentuan. Nah sayangnya pendampingnya tidak mampu memberikan penjelasan kepada warga setempat, sehingga menimbulkan kecurigaan dan kesan seolah-olah TKA tersebut buruh kasar dan ilegal," ucapnya.

Kemudian, lanjut Hanif, beredar juga informasi bahwa lokasi kejadian tersebut kebetulan dalam proses pembebasan lahan, tapi warga belum menerima uang ganti rugi lahan.

"Makanya ketika ada tim yang mengukur tanah maka jadi sensitif," kata dia.

Hanif pun mengimbau supaya pihak Kereta Api Cepat Jakarta – Bandung memberikan informasi pelaksanaan pekerjaannya kepada bupati dan walikota yang daerahnya dilalui jalur pembangunan rel kereta.

"Tujuannya agar kepala desa dan ketua rukun tetangga mendapatkan informasi kegiatan, sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat yang berada di sekitar lokasi," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PPK dan K3), Sugeng Priyanto, mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemanggilan kepada PT KCIC dan SYNOHIDRO untuk melakukan klarifikasi dan pemeriksaan.

"Dalam pemeriksaan tersebut diketahui bahwa para TKA tersebut tengah melakukan pengukuran dalam rangka menentukan kekuatan pembuatan fondasi konstruksi jalur kereta cepat Jakarta-Bandung," ucapnya.

Lanjut Sugeng, dalam pemeriksaan dokumen Izin Menggunakan Tenaga Kerja (IMTA), diketahui bahwa izin kerja TKA itu merupakan tenaga ahli sebagai geologist engineer, geodetic engineer, dan survey engineer.

Sementara itu, Bernawan Sinaga, Direktur Pengawasan Norma Kerja dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, mengatakan bahwa selain memeriksa izin kerja para TKA tersebut, Kemnaker juga masih terus melakukan pemeriksaan terhadap pelaksanaan norma-norma ketenagakerjaan secara lengkap di perusahaan tersebut.

"Kita juga ingatkan kepada perusahaan agar kedepannya lebih memperhatikan kearifan lokal yang berlaku di masyarakat serta memberikan laporan pengunaan TKA di perusahaan dan vendornya secara rutin," kata dia.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Buka Rembuk Nasional Pelaksanaan Reforma Agraria di Istana

Posted: 19 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan rembuk nasional pelaksanaan reforma agraria dan perhutanan sosial untuk keadilan sosial serta Global Land Forum 2018 di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim dengan ini saya nyatakan rembuk nasional pelaksanaan reforma agraria dan perhutanan sosial untuk keadilan sosial serta global land forum 2018 saya buka," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dalam sambutannya, Jokowi meminta Badan Pertanahan Nasional (BPN) segera merampungkan 80 juta sertifikat tanah milik masyarakat. Target tersebut merupakan bagian dari rencana sertifikasi 116 juta.

"Ada 116 juta tanah masyarakat yang seharusnya sudah bersertifikat. Tetapi yang bersertifikat di tahun 2014 baru 46 juta. Berarti masih kurang 80 juta sertifikat," kata Jokowi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Kerja Maksimal

Jokowi juga meminta kepada BPN agar melakukan kinerja maksimal, supaya masyarakat tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengurus sertifikat tanah mereka.

"Ini yang ingin kami percepat sehingga status hukum kalau sudah pegang bisa akses permodalan di lembaga keuangan. Larinya ke sana," kata Jokowi.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ekowisata Kepri Dikembangkan Seperti Plataran L’harmonie Menjangan Bali

Posted: 19 Sep 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Tanjung Pinang Menteri Pariwisata Arief Yahya memang selalu penuh kejutan. Jelang Focus Group Discussion Pengembangan Produk Ekowisata, 19 September 2018, David Makes ditugaskan terbang ke Tanjung Pinang, Kepri. Tugasnya satu, membantu percepatan pengembangan produk ekowisata Kepulauan Riau (Kepri).

David datang tidak sendiri. Ada Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan. Ada juga Direktur UJL-HHBK Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Djohan Utama Perbatasari. Tiga orang ini seperti trisula. Seperti Three Musketeers. Saling back up. Saling menguatkan. Dan ketiganya, langsung mematangkan konsep ekowisata bersama Asisten I Perekonomian Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum.

"Masing-masing punya peran beda-beda. Semua bersinergi," tutur Asdep Pengembangan Wisata Alam dan Buatan Kemenpar Alexander Reyaan, Selasa (19/9).

David punya peran mendorong percepatan pengembangan ekowisata di Kepri. Alex, sapaan akrab Alexander, punya peran mencari sesuatu yang baru. Yang berujung pada penambahan jumlah wisman. Juga penambahan investasi yang berujung devisa dari sektor pariwisata. Sementara Djohan Utama, punya peran memberi perizinan hutan produksi di Kepri untuk dikembangkan menjadi ekowisata.

Yang jadi pertanyaan kemudian, kok harus ada David Makes? Apa istimewanya dia? Kenapa juga Menpar sampai menerbangkan dia ke ibukota Kepri di Tanjung Pinang?

Bagi yang belum tahu, David adalah Ketua Tim Percepatan Pengembangan Ekowisata Kemenpar. Lewat ekowisata, David sukses melambungkan Plataran L'harmonie Menjangan di Bali Barat sebagai 100 top destinasi hijau dunia. Kesuksesan inilah yang ingin ditularkan di Kepri.

"Teori pengembangan destinasi harus jangka panjang. Untuk menjadi produk pariwisata bisa, jadi destinasi belum tentu," timpal David Makes.

Dia memang tak asal bicara. Pengalamannya saat mengembangkan Plataran L'harmonie di Bali Barat memang membutuhkan durasi yang tak sebentar. Dia butuh tujuh tahun untuk menyulap Taman Nasional di Bali Barat menjadi destinasi ekowisata nasional. Dan lima tahun kemudian baru menjadi kelas dunia.

Tahapannya banyak. Investasinya juga tak sedikit. Tapi garis besarnya, tak boleh merusak alam. Benchmark-nya bisa berkaca pada Plataran L'harmonie Menjangan di Bali Barat. Jalan masuknya mempertahankan bebatuan yang ditata tanpa aspal ataupun cor beton. Papan petunjuk jalannya pun serba berbahan kayu dan artistik. Bekas-bekas batu karang tidak dibuang. Tidak dirusak. Yang ada, semua ditata rapi di sekitar Plataran L'harmonie.

"Kepri juga bisa bikin seperti itu. Yang kita butuhkan adalah karakter investor yang passion ekowisata dan long term stamina," paparnya.

Lantas apa yang didapat investor? Bukankah 7 tahun adalah durasi untuk membangun destinasi? Belum bicara untung?

"Yang didapat bisa banyak. Kalau berhasil, itu bisa jadi ATM. Contohnya banyak. Borobudur, Maldives, Bali, Raja Ampat. Saat sudah menjadi destinasi, bikin apa saja di destinasi dimaksud pasti laku. Kepri sangat bisa bikin ini karena ada CEO commitment yang kuat dari gubernurnya," terangnya.

Komitmen yang dimaksud David adalah suppporting dari Pemprov Kepri. Ada dorongan pembuatan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Bagi David ini terobosan besar. Impactnya pun diyakini bakal sangat kuat.

"Satu KEK Kepri membawahi berbagai destinasi. Kepri punya Anambas, Natuna, Pulau Moro Besar, dan ribuan pulau lainnya. Kalau masing-masing pulau dibuatkan sebagai destinasi di bawah KEK Kepri, akan banyak investor yang hadir," ungkapnya.

Bagaimana dengan hutan yang ada di destinasi? Apa nantinya tidak terancam? Ekosistem menjadi terganggu? Ujung-ujungnya hilang?

Soal ini, Direktur UJL-HHBK Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Djohan Utama Perbatasari punya jawabannya.

"Saya justru tenang karena hutan terjaga. Nggak ada lagi ilegal logging. Nggak mungkin juga disertifikatkan. Artinya, kawasannya tetap, nggak berkurang," ucap Djohan Utama.

Komentar Menpar Arief Yahya pun seirama. Menurutnya, pariwisata merupakan sektor yang paling kecil menimbulkan kerusakan.

"Ini karena prinsip pembangunan pariwisata adalah sustainable atau berkelanjutan. Lingkungan yang terjaga merupakan aset bagi pariwisata untuk mendatangkan wisatawan," paparnya.

Ditambah lagi, tren dunia sedang mengarah ke sana. Pengembangan pariwisata selalu mempertimbangkan unsur 3P.

"Ada Planet/Alam, People/Masyarakat, dan Prosperity/Kesejahteraan. Aspek people itu kita harus perhatikan apa keinginan wisatawan. Lalu planet adalah bagaimana kita merawat dan menjaga tempat-tempat wisata. Dan terakhir prosperity kita wajib perhatikan nilai-nilai ekonomis dari sebuah tempat wisata," ujar Arief Yahya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Aksi Gareth Bale Saat Real Madrid Bantai AS Roma 3-0

Posted: 19 Sep 2018 09:45 PM PDT

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kanan) berebut bola dengan gelandang AS Roma Nicolo 'Zaniolo pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kanan) berebut bola dengan gelandang AS Roma Nicolo 'Zaniolo pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kiri) melewati bek Roma Aleksandar Kolarov pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kiri) melewati bek Roma Aleksandar Kolarov pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kiri) benturan fisik dengan bek Roma Aleksandar Kolarov pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (kiri) benturan fisik dengan bek Roma Aleksandar Kolarov pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (tengah) menendang bola ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale (tengah) menendang bola ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Selebrasi gelandang Real Madrid, Gareth Bale usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Selebrasi gelandang Real Madrid, Gareth Bale usai mencetak gol ke gawang AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Manu Fernandez)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale memberi applause pada penonton usai menghadapi AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Paul White)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale memberi applause pada penonton usai menghadapi AS Roma pada pertandingan Grup G Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, Spanyol, Rabu (19/9). Madrid membantai Roma 3-0. (AP Photo/Paul White)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misi Telkomtelstra Bawa RI Jadi Pusat Ekonomi Digital ASEAN di 2020

Posted: 19 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Melbourne - Telkomtelstra memiliki mimpi besar di Indonesia. Perusahaan hasil patungan antara Telkom Indonesia dengan Telstra Corporation asal Australia ini akan mengawal Indonesia menjadi pusat ekonomi digital pada 2020 sesuai dengan target pemerintah.

Banyak hal yang tengah diupayakan Telkomtelstra untuk itu. Pertama, tahun ini, Telkomtelstra akan menggenjot berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan untuk menggunakan cloud (komputasi awan).

Saat ini beberapa perusahaan di Indonesia masih ragu dan kurang peduli dengan pentingnya data centre yang berlokasi di dalam negeri.

President Director Telkomtelstra Erik Meijer menjelaskan, penggunaan cloud di Indoensia masih sedikit tertinggal jika dibandingkan beberap negara tetangga.

"Di Indonesia diakui agak ketinggalan. Pertama belum ada pemasaram agresif dan banyak perusahaan yang bingung apa yang boleh dan enggak boleh di-cloud," kata Erik di Melbourne, Australia, Kamis (20/9/2018).

Padahal, pemerintah sudah tegas mengenai data centre ini. Dimana aturan tersebut tertuang dalam PP No 82 Tahun 2012 tentang penyelenggaraan sistem dan transaksi elektronik. Salah satu poin di aturan tersebut adalah kewajiban penyimpanan data di dalam negeri.

Erik mengklaim, saat ini sistem clouding yang dimiliki menjadi satu-satunya produk yang memenuhi aturan tersebut. Bahkan produk yang dimiliki sudah berlebel SNI dan ISO.

Kedua, Erik ingin membawa teknologi Security Operation Centre (SOC) yang saat ini dimiliki Telstra di Australia. SOC ini akan didukung tim ahli security yang akan terus memantau dan meningkatkan postur keamanan organisasi sambil mencegah, mendeteksi, menganalisis, dan menanggapi insiden keamanan cyber dengan bantuan teknologi dan proses yang terdefinisi dengan baik serta cybersecurity incident response team (CIRT) terbaik dan berpengalaman.

Perluasan digital bisnis sering menjadi tantangan dalam banyak aspek terutama keamanan cyber. Melalui Telkomtestra Security Intelligent memastikan bisnis operasional bisa berjalan dengan baik dan keamanan cyber terlindungi dengan elemen-elemen terbarunya termasuk cybersecurity insuranc.

"Saya konsen betul soal ini, di Indoensia itu banyak hacker dan juga banyak serangan hacker. Ini hal yang harus putuskan sekarang," tegasnya.

Ketiga, implementasi Software Defance Wide Area Network (SD-WAN). Sistem ini akan mengkoneksikan semua jaringan perusahaan dan instansi yang menggunakan. Penggunaan SD-WAN ini akan melengkapi Security Operation Centre yang dimimiki Telkomtelstra.

Nempaknya, misi Telkomtekstra ini juga didukung langsung dari induknya, Telstra Corporation.

 

Siap Tambah Kabel

ilustrasi kabel optik. (Doc: Fiber Cabling Solution)

CEO Telstra Corporation Andrew Penn juga mengaku siap berinvestasi di kawasan Asia Pasifik, salah satunya menambah kapasitas kabel bawah laut yang dimilikinya. Dengan upaya ini, jelas akan meningkatkan kekuatan jaringan di beberapa negara yang terhubung.

"Kami akan menambahkan konektivitas kabel-kabel bawah laut di sekitar kawasan Asia Pasifik, sekitar sepertiga dari kapasitas kami saat ini. Kami tidak memiliki kapasitas di beberapa negara, jadi kami bermitra dengan Telkom dan perusahaan lain di wilayah ini," paparnya.

Andrew menyadari pertumbuhan data internet berkembang pesat. Untuk itu, kualitas dan kemampuan jaringan yang dimiliki harus terus berkembang.

Dalam rangka menginformasikan hal itu ke dunia, Telstra Corporation meghadirkan Telstra Vantage di Melbourne Exebition Convention Centre (MECC). Acara ini menampilkan berbagai teknologi baru yang dimiliki Telstra yang siap dikembangkan, salah satu yang dipromosikan adalah penggunaan teknologi 5G. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

72 Instansi Resmi Umumkan Formasi CPNS 2018

Posted: 19 Sep 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 72 instansi pemerintahan telah membuka formasi perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 (CPNS 2018) hingga Kamis, 20 September 2018.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menginformasikan, jumlah formasi terakhir itu didapatkan pada pagi ini, tepatnya pukul 08.00 WIB.

"Sampai Kamis, 20 September 2018, pukul 08.00 pagi, data kami mencatat sudah ada 29 kementerian/lembaga (K/L) dan 43 pemerintah daerah (pemda) yang memberitahukan formasinya. Jadi kalau ditotal, ada sekitar 73 instansi," tutur dia kepada Liputan6.com, Kamis (20/9/2018).

Dia menambahkan, jumlah formasi yang terlampir pada portal sscn.bkn.go.id masih terus bertambah sejak awal pembukaannya pada Rabu, 19 September kemarin.

Dalam catatannya, siang hari kemarin baru ada sekitar 16 instansi yang mengumumkan jumlah formasinya. Angka itu bertambah menjadi 58 instansi pada Rabu malam, hingga 72 instansi hingga hari ini.

Seperti diketahui, terdapat 76 K/L dan 525 pemda yang resmi mengumumkan pembukaan seleksi CPNS 2018, dengan jumlah total formasi tersedia 238.015.

Berdasarkan perhitungan tersebut, 51.271 posisi di antaranya akan ditempatkan di pemerintah pusat. Sementara 186.744 lainnya diperuntukkan bagi instansi daerah.

Ridwan menyatakan, agar jumlah akhir itu tercapai sebelum masa pendaftaran yang rencananya dibuka 26 September.

Dia juga terus menggenjot Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di masing-masing instansi untuk segera merampungkan formasinya.

"Saya sudah arahkan Kepala Regional BKN untuk terus push PPK, supaya mereka cepat mengumumkan formasi yang akan dibuka (dalam seleksi CPNS 2018)," ujar dia.

Ini Dokumen yang Harus Disiapkan Buat Daftar CPNS pada 26 September

Ilustrasi tes CPNS

Setelah detail formasi diumumkan, pendaftaran CPNS) 2018 akan dilaksanakan secara serentak oleh Kementerian/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah (Pemda) pada 26 September 2018.

Lantas apa saja yang perlu dipersiapkan pelamar untuk bisa mendaftar sebagai CPNS?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN)‎ Mohammad Ridwan‎ mengatakan, sambil menunggu waktu tersebut, para calon pelamar diharapkan dapat mempersiapkan beberapa dokumen yang akan dibutuhkan dalam pendaftaran rekrutmen CPNS 2018.

Beberapa dokumen tersebut antara lain, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), ijazah asli, transkrip nilai dan foto resmi dengan background merah.

"Juga dokumen pendukung sesuai persyaratan masing-masing instansi," ujar dia di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Dia mengungkapkan, untuk pendaftaran, BKN telah mengimbau seluruh K/L dan pemda yang membuka formasi CPNS 2018 untuk dapat mengumumkan penerimaan CPNS, selain di laman www.sscn.bkn.go.id juga melalui portal masing-masing K/L dan pemda.‎

"Pendaftaran perekrutan CPNS tahun 2018 akan dimulai secepat-cepatnya tanggal 26 September 2018 dan pendaftaran dilakukan sesuai ketentuan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen ASN," kata dia.

Pelamar CPNS dapat mengakses portal ‎www.sscn.bkn.go.id untuk mengetahui‎ persyaratan dan formasi CPNS 2018 yang dibuka oleh K/L dan pemda. Hal ini sebagai bahan pertimbangan sekaligus memudahkan calon pelamar mengetahui posisi, lokasi penempatan dan persyaratan setiap formasi baik di instansi pusat maupun daerah.

Tonton Video Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menang Mudah, Kevin / Marcus Melaju ke 8 Besar China Open

Posted: 19 Sep 2018 09:44 PM PDT

Liputan6.com, Changzhou - Kevin Sanjaya / Marcus Gideon tak butuh waktu untuk melangkah ke babak delapan besar China Open. Mereka telah menyingkirkan ganda putra Thailand, Tinn Isriyanet / Kittisak Namdash.

Pada babak kedua China Open, Kevin Marcus menang dua set langsung di Olympic Sports Center Xincheng Gymnasium, Changzhou, Kamis (20/9/2018). Mereka membutuhkan waktu 24 menit.

Pada set pertama, Tinn / Namdash sempat menahan kekuatan Kevin / Marcus dengan skor 7-7. Namun, ganda putra nomor 1 dunia itu dengan mudah meninggalkan Tinn / Namdash untuk mengunci kemenangan dengan skor 21-13.

Unggulan pertama di China Open itu tak kesulitan di set kedua. Pukulan smash Kevin / Sanjaya membuat Tinn / Namdash kembali kandas dengan skor 21-13.

Di babak delapan besar China Open, Kevin / Marcus menunggu pemenang antara ganda putra Indonesia, Ricky Karandasuwardi / Angga Pratama, yang akan melawan pasangan Malaysia, Goh V Shem / Tan Wee Kiong.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gelandang Juventus Kecam Kartu Merah untuk Ronaldo

Posted: 19 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Miralem Pjanic tak senang bintang Juventus, Cristiano Ronaldo mendapat kartu merah saat melawan Valencia dalam laga perdana Liga Champions musim ini. Pjanic merasa CR7 tak layak diusir dari lapangan.

Ronaldo menerima kartu merah langsung di menit ke-29 saat Juventus melawat ke markas Valencia dalam laga awal Grup H Liga Champions 2018/19, Kamis (20/9) dini hari WIB.

Beruntung, meski tampil dengan 10 pemain, Juventus berhasil mengamankan kemenangan dengan skor 2-0.

Dua gol Juventus datang dari titik putih yang dieksekusi Miralem Pjanic. Hasil tersebut sudah cukup memuaskan, meski sebenarnya Juventus bisa menang dengan skor yang jauh lebih besar.

Menurut Pjanic, kartu merah untuk Ronaldo benar-benar tak masuk akal. Namun, dia mengakui, insiden seperti itu memang pada umumnya terjadi di sepak bola.

Komentar Pjanic

Gelandang Juventus Miralem Pjanic. (AFP/Isabella Monotto)

"Sepak bola adalah permainan yang aneh. Kami bisa saja unggul 4-0 di menit-menit awal, lalu datanglah kartu merah absurd itu," kata Pjanic seperti dilansir Four Four Two.

"Ini seperti laga kontra Lyon tahun 2016. Kami berjuang maksimal dan menemukan semangat yang dibutuhkan untuk membawa kami sampai ke final. Itulah yang perlu kami lakukan lagi," dia menambahkan.

Senada dengan Pjanic, pelatih Juventus, Massimiliano Allegri mengatakan Ronaldo sangat kecewa dengan hukuman kartu merah tersebut. Ronaldo dan Juventus saat ini berharap-harap cemas menantikan hukuman resmi yang akan diumumkan UEFA.

"Dia kecewa, tapi butuh waktu untuk menenangkan diri. Dia harus melupakannya dan bersiap untuk laga hari Minggu besok (kontra Frosinone), bahkan meskipun situasi itu meninggalkan rasa pahit di lidahnya," tutur Allegri.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Meskipun Mampu Menguat, Rupiah Masih Rapuh

Posted: 19 Sep 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat pada perdagangan Kamis ini. Dolar AS memang mengalami tekanan secara global.

Mengutip Bloomberg, Kamis (20/9/2018), rupiah dibuka di angka 14.845 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan kemarin yang ada di angka 14.875 per dolar AS.

Sejak pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.820 per dolar AS hingga 14.850 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 9,52 persen.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di angka 14.839 per dolar AS, menguat jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.896 per dolar AS.

Penguatan rupiah pada Kamis ini dinilai analis masih rapuh. "Pergerakan rupiah masih terlihat rapuh, meskipun pergerakan dolar AS kembali melemah seiring dengan sikap pelaku pasar yang mengesampingkan sentimen perang dagang dan imbas kenaikan euro," kata Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada seperti dikutip dari Antara.

Rupiah sendiri, lanjut dia, diharapkan dapat memanfaatkan pelemahan dolar AS untuk kembali menguat, meski sentimen dari dalam negeri masih kurang kuat mengangkat mata uang Republik Indonesia itu.

 

Perang Dagang

Petugas menunjukkan uang dolar AS di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Sebelumnya, laju rupiah kembali melemah tipis setelah sehari sebelumnya bergerak positif.

Masih adanya kekhawatiran akan dampak terjadinya perang dagang antara AS dan Tiongkok yang dinilai dapat menganggu ekspor Indonesia membuat laju rupiah kembali terdepresiasi.

Apalagi sebelumnya juga di rilis neraca perdagangan yang masih kembali mengalami defisit.

Di sisi lain, adanya penilaian bahwa tahun 2019 ekonomi Indonesia akan tumbuh tipis di kisaran 5,1-5,2 persen menambah sentimen negatif pada rupiah, yang kontras dengan asumsi yang disepakati Banggar DPR di angka 5,3 persen dengan kurs 14.500 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penyebab Manchester City Kalah dari Lyon

Posted: 19 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Secara mengejutkan Manchester City kalah 1-2 dari Lyon di Etihad Stadium, Rabu (19/9/2018) atau Kamis dini hari WIB pada fase Grup F Liga Champions.

Dalam laga ini, Manchester City dikejutkan dengan performa Lyon di babak pertama. Tim asal Prancis itu mencetak dua gol melalui Maxwell Cornet dan Nabil Fekir.

"Kami memulai laga dengan lambat, tidak konsisten dalam cara bermain. Kami kalah duel terlalu banyak, kehilangan bola di situasi sulit, dan mereka bisa mencetak dua gol," ucap Mikel Arteta, asisten pelatih Manchester City, saat konferensi pers menggantikan Pep Guardiola yang terkena hukuman.

Manchester City baru bisa merespons di babak kedua. Mereka hanya bisa mencetak satu gol balasan melalui Bernardo Silva.

"Harusnya, Manchester City bisa lebih baik. Kami memang bereaksi sungguh bagus di babak kedua, mengubah beberapa hal untuk mengontrol situasi lebih baik dan menciptakan peluang. Tapi itu tidak cukup," katanya.

 

Absennya Guardiola

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (tengah) tak memimpin pertandingan anak asuhnya melawan Lyon. (AFP Photo/Oli Scarff)

Arteta juga tak memahami permainan buruk yang diperlihatkan Sergio Aguero tanpa sosok Guardiola. Pelatih asal Spanyol itu tak bisa memimpin Manchester City lantaran mendapat kartu merah saat melawan Liverpool di Liga Champions musim lalu.

"Saya tidak tahu. Realitanya Pep tidak di sini dan kami mengalami kekalahan. Saya tidak bisa mengatakan apa yang akan terjadi jika ia (Pep) di sini," ujar Arteta.

"Yang saya tahu, kami sadar dengan kekuatan dan kelemahan Lyon. Kami semua siap. Sayangnya, kami tidak siap ketinggalan 2-0 saat turun minum, tetapi Anda harus bereaksi."

 

Tidak Akurat

Mantan pemain Arsenal itu juga menyoroti kelemahan anak asuhnya saat melawan Lyon. Arteta menyayangkan 86 umpan pemain Manchester City yang tidak akurat. Mereka juga membuang 13 peluang yang didapat di pertahanan Lyon.

"Para pemain tidak sempurna, terkadang mereka mengalami hari yang buruk, terkadang lebih baik. Saya tidak bisa menyalahkan usaha mereka. Saya tidak akan menghakimi mereka karena kami kalah," kata Arteta mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anisa Rahma Ungkap Bahagianya Jadi Pengantin

Posted: 19 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anisa Rahma resmi dinikahi oleh Anandito Swi Sepdiawan, Minggu (16/9/2018). Keduanya mengikat janji suci setelah menjalani proses taaruf selama tiga bulan.

Lewat akun Instagramnya, Anisa Rahma mengungkapkan rasa bahagia telah menjadi istri Anandito Dwi Sepdiawan. Mantan personel Cherrybelle merasa doanya telah dikabulkan.

"Dua jiwa melebur menjadi satu. Kesabaran dan do'aku di masa penantian berbuah kebahagiaan. Senyum, haru, bercampur jd satu," tulis Anisa Rahma sebagai keterangan, Rabu (19/9/2018).

Fotonya sendiri memperlihatkan kebahagiaan Anisa Rahma dan Anandito Dwi Sepdiawan dalam resepsi pernikahan. Anisa Rahma tampak cantik dengan gaun pink, sementara Anandito mengenakan jas abu-abu muda. 

 

Rasa Syukur

(Instagram/seviaanggraeni)

Anisa Rahma pun bersyukur memiliki seorang suami yang baik dan akan menemani harinya sepanjang hidup. Ia berharap pernikahan tersebut menjadi yang pertama dan terakhir dalam hidupnya.

"Akhirnya Allah hadirkan dia yang Insya Allah akan menjadi imamku selamanya. Imam yang akan menjaga dunia dan akhiratku. Suamiku yang dalam akad berjanji untuk saling setia," sambung Anisa Rahma.

Alasan Memilih Anandito

(Instagram/kemil_insomnia)

Sementara itu, Anandito ternyata bukan satu-satunya lelaki yang mengajak Anisa Rahma bertaaruf. Dari beberapa orang pria, lantas apa yang membuat Anisa Rahma mantap melabuhkan hatinya pada Anandito Dwi Sepdiawan?

Anisa Rahma merasa bahwa sikap dan kepribadian Anandito Dwi Sepdiawan merupakan cerminan dirinya. Hal ini tentu menjadi salah satu modal untuk membangun rumah tangga yang harmonis.

"Karena refleksinya dia. Yang ajak taaruf kan ada banyak, ada aja dari lingkungan kampus, teman, artis, tapi dia belum kena," tutur ibunda Anisa Rahma, Nelma, saat dihubungi melalui sambungan telepon, belum lama ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Dari Tribun Penonton, Guardiola Saksikan Manchester City Dipermalukan Lyon

Posted: 19 Sep 2018 09:36 PM PDT

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menuju tribun penonton untuk melihat tim asuhannya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (19/9).  Guardiola duduk di bangku penonton karena sedang menjalani sanksi (AFP/Oli SCARFF)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menuju tribun penonton untuk melihat tim asuhannya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (19/9). Guardiola duduk di bangku penonton karena sedang menjalani sanksi (AFP/Oli SCARFF)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menuju tribun penonton untuk melihat timnya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (19/9).  Man City secara mengejutkan kandas di kandang sendiri dengan skor 1-2 (AFP/Oli SCARFF)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola menuju tribun penonton untuk melihat timnya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (19/9). Man City secara mengejutkan kandas di kandang sendiri dengan skor 1-2 (AFP/Oli SCARFF)

Reaksi pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat melihat timnya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di tribun penonton Stadion Etihad, Rabu (19/9). Guardiola duduk di bangku penonton karena sedang menjalani sanksi. (AFP/Oli SCARFF)

Reaksi pelatih Manchester City, Pep Guardiola saat melihat timnya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di tribun penonton Stadion Etihad, Rabu (19/9). Guardiola duduk di bangku penonton karena sedang menjalani sanksi. (AFP/Oli SCARFF)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola berada di tribun penonton melihat timnya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (19/9). Man City secara mengejutkan kandas di kandang sendiri dengan skor 1-2. (AP/Dave Thompson)

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola berada di tribun penonton melihat timnya melawan Olympique Lyon pada Grup F Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (19/9). Man City secara mengejutkan kandas di kandang sendiri dengan skor 1-2. (AP/Dave Thompson)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Dirdik KPK, Kombes Panca Siap Tuntaskan Kasus Lama

Posted: 19 Sep 2018 09:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kombes Panca Putra Simanjutak resmi mengisi posisi Direktur Penyidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia menggantikan Brigjen Aris Budiman. Panca diminta oleh komisioner KPK untuk menuntaskan kasus-kasus lama yang masih mandek.

"Iya, itu tugas kita, tanggung jawab kita buat selesaikan. Mohon doa restunya," ujar Panca usai dilantik di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

Sebelumnya, saat memberi sambutan, Ketua KPK Agus Rahardjo sempat menyinggung tugas dan target dalam proses penyidikan. Salah satunya yakni menuntaskan kasus-kasus besar yang masih mandek, seperti Century, BLBI, Pelindo, dan lainnya.

"Oleh karena itu, saya sangat mengharapkan penuntasan kasus-kasus utang. Terutama yang besar, yang besar yang menjadi utang kita, itu segera diselesaikan. Banyak sekali yang menjadi perhatian masyarakat yang harus segera selesaikan," kata Agus.

Di samping itu, Agus berharap lembaganya mendapatkan tambahan pegawai, seperti jaksa penuntut umum, untuk memaksimalkan kinerja lembaga antirasuah. Agus yakin dalam waktu dekat akan ada penambahan jaksa di lingkungan KPK.

"Sampai hari ini kita belum menerima tambahan jaksa. Mestinya hari-hari ini sudah dikirimkan, mudah-mudahan sebentar lagi. Mudah-mudahan kalau ada tambahan itu, pasti kerjaan penyidikan juga semakin banyak," kata Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump Desak Spanyol untuk Bangun Tembok Perbatasan di Gurun Sahara

Posted: 19 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyarankan pemerintah Spanyol untuk mengikuti salah satu kebijakannya dalam mengatasi krisis imigran Mediterania, yakni dengan membangun tembok pembatas di seberang gurun Sahara.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Spanyol Joseph Borrell, yang mengutip pernyataan Presiden Trump bahwa "perbatasan Sahara tidak bisa lebih besar dari perbatasan AS dengan Meksiko".

Trump, sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Kamis (20/9/2018), mengajukan ide pembangunan tembok pembatas AS dan Meksiko, yang memiliki panjang sekitar 3.218 kilometer, sebagai alat kampanye pada pemilu presiden 2016.

Namun demikian, rencana serupa di Sahara akan dipersulit oleh kenyataan bahwa Spanyol hanya memiliki dua kantong kecil di Afrika Utara, yakni Ceuta dan Melilla.

Komentar Menlu Borrell disampaikan pada acara makan siang di Madrid pada pekan ini, dan seketika langsung menjadi pemberitaan di berbagai media Spanyol.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa itulah (rencana pembangunan tembok Sahara) yang dikatakan Menteri Borell, tetapi kami tidak akan membuat komentar lebih lanjut tentang pernyataannya tersebut," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri.

Di lain pihak, Donald Trump diduga telah menyampaikan rekomendasi pembangunan tembok perbatasan Sahara ketika Menlu Borrell menemani Raja Felipe dan Ratu Letizia ke Gedung Putih pada Juni.

Spanyol mendapati dirinya berada di garis terdepan krisis imigran di Eropa, dengan lebih dari 33.600 imigran dan pengungsi tiba melalui jalur laut, di mana 1.723 orang di antaranya meninggal dalam upaya ilegal tersebut.

Peningkatan jumlah kedatangan, sebesar tiga kali lipat dari total periode yang sama tahun lalu, berarti Spanyol melampaui Italia dan Yunani sebagai tujuan utama bagi para imigran yang melintasi Laut Mediterania.

Perdana Menteri Spanyol yang beraliran sosialis, Pedro Sánchez, secara luas dipuji karena mengumumkan membawa masuk 630 pengungsi ke kapal penyelamat Aquarius, di mana sebelumnya telah ditolak kehadirannya oleh Italia dan Malta.

Namun, tingginya jumlah kedatangan di pantai selatan Spanyol telah menekan fasilitas penerimaan dan infrastruktur terkait. Masalah ini juga telah digunakan sebagai senjata politik oleh partai sayap kanan yang menuduh pemerintah Sánchez menunjukkan standar ganda, dan bersikap terlalu lunak pada imigrasi.

 

Simak video pilihan berikut: 

Krisis Imigran Tak Bisa Diselesaikan Hanya dengan Uang

Imigran Afrika meminta jaket pelampung saat diselamatkan oleh kapal bermisi kemanusiaan milik LSM Spanyol di tengah Laut Mediterania, lepas pantai Libya, Selasa (25/7). Petugas menemukan 13 jasad di atas perahu karet padat imigran itu. (AP/Santi Palacios)

Joseph Borrell, mantan presiden parlemen Eropa, sebelumnya menuduh Eropa melakukan "politik burung unta" selama krisis imigran Mediterania, dan menyerukan perspektif baru untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kami berbicara tentang 20 ribu imigran di negara dengan lebih dari 40 juta penduduk. Itu bukan migrasi massal," katanya pada Juli.

Berbicara pada sebuah acara di Madrid pada pekan ini, Borrell mengatakan pepatah politik tahun 1990-an, bahwa "ekonomi bodoh telah memberi jalan kepada identitas yang juga bodoh".

"Kami telah menyortir masalah ekonomi, tetapi bukan masalah imigran, karena itu adalah tentang hal yang emosional, bukan masalah yang Anda perbaiki dengan uang," katanya, sebagaimana diwartakan oleh situs El País dan Europa Press.

"Masyarakat Eropa tidak terstruktur untuk menyerap lebih dari persentase tertentu para imigran, terutama jika mereka adalah Muslim," dia berpendapat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prediksi PAOK Vs Chelsea: Skuat Rotasi Tim Tamu

Posted: 19 Sep 2018 09:32 PM PDT

 

- Chelsea akan memulai laga di Liga Europa dengan menghadapi wakil Yunani, PAOK. The Blues berpeluang memainkan skuat lapis kedua pada laga tersebut.

Chelsea tampil dominan di Premier League. Bersama Liverpool, The Blues menjadi klub yang belum terkalahan dari lima laga yang sudah dijalani.

Pada tengah pekan ini, Chelsea akan melakoni laga Liga Europa. The Blues berada di Grup L bersama BATE dan Videoton.

Sebagai klub papan atas Eropa, Chelsea jelas diunggulkan pada fase grup. Namun, Sarri mengindikasikan tidak mencanangkan target di Liga Europa demi fokus ke Premier League.

Hal tersebut terbukti setelah Sarri meninggalkan beberapa pemain bintangnya pada laga nanti, termasuk Eden Hazard. Sarri akan menggunakan Liga Europa sebagai ajang untuk mengasah pemain lapis kedua.

Pemain lainnya yang juga tidak bertolak ke Yunani adalah David Luiz, Mateo Kovacic dan Emerson Palmieri. Sarri dipercaya akan mengandalkan Ruben Loftus-Cheek di lini tengah dan Olivier Giroud sebagai ujung tombak.

Chelsea wajib mewaspadai beberapa pemain PAOK yang pernah berkarier di liga top Eropa. Pemain tersebut adalah Chuba Akpom dan Omar El Kaddouri.

 

Prakiraan Susunan Pemain

PAOK: Alexandros Paschalakis; Leo Matos, Jose Crespo, Yevhen Khacheridi, Fernando Varela; Omar El Kaddouri, Vieirinha, Canas; Aleksandar Prijovic, Chuba Akpom, Leo Jaba

Pelatih: Razvan Lucescu

Chelsea: Willy Caballero; Davide Zappacosta, Gary Cahill, Andreas Christensen, Emerson Palmieri; Cesc Fabregas, Ruben Loftus-Cheek, Ross Barkley; Willian, Alvaro Morata, Callum Hudson-Odoi

Manajer: Maurizio Sarri

Lima laga terakhir PAOK

  • 22/08/2018 Benfica 1-1 PAOK (Liga Champions)
  • 25/08/2018 PAOK 1-0 Asteras Tripolis (Superliga)
  • 30/08/2018 PAOK 1-4 Benfica (Liga Champions)
  • 02/09/2018 Panionios 0-1 PAOK (Superliga)
  • 15/09/2018 OFI 1-3 PAOK (Superliga)

Lima laga terakhir Chelsea

  • 11/08/2018 Huddersfield Town 0-3 Chelsea (Premier League)
  • 18/08/2018 Chelsea 3-2 Arsenal (Premier League)
  • 26/08/2018 Newcastle United 1-2 Chelsea (Premier League)
  • 01/09/2018 Chelsea 2-0 AFC Bournemouth (Premier League)
  • 15/09/2018 Chelsea 4-1 Cardiff City (Premier League)

Persentase Kemenangan Bola.com:

PAOK 30-70 Chelsea

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kuota CPNS 2018 di Garut Habis Diborong Guru dan Tenaga Kesehatan

Posted: 19 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Garut - Kabar baik bagi warga Garut dan warga Jawa Barat lainnya. Pemerintah pusat akhirnya membuka kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemkab Garut tahun ini hingga 654 kursi.

Kuota bagi pengajar dan tenaga kesehatan paling banyak dibanding formasi lainnya. "Rinciannya bisa dilihat di website Kemenpan RB," ujar Bupati Garut Rudy Gunawan, Kamis (20/9/2018).

Menurut dia, banyaknya pegawai yang memasuki masa pensiun tahun ini menyebabkan kuota yang diberikan pemerintah pusat cukup besar. Meski begitu, jumlahnya tidak sampai pada usulan yang diajukan Pemkab Garut, yakni 1.500 orang.

Walau begitu, ia berharap jumlah tersebut mampu menutupi celah kekosongan jabatan kursi yang ada. Rencananya, angka kuota itu bakal dibagi ke dalam dua kategori, yakni CPNS umum dan CPNS Kategori II.

Berdasarkan data laman Kemenpan-RB, total kuota yang diberikan bagi pemkab Garut mencapai 654 kursi. Untuk formasi khusus atau K2 sebanyak 237 kursi, rinciannya 230 kursi untuk guru dan tujuh kursi untuk tenaga kesehatan.

Sementara untuk formasi umum sebanyak 417 orang. Rinciannya, 137 kursi untuk tenaga guru, 248 kursi untuk tenaga kesehatan, serta tenaga teknis dan umum hanya menyediakan 32 kursi.

Dari jumlah formasi untuk umum, mayoritas kursi yang akan ditawarkan masih berhubungan dengan sektor kesehatan, yakni formasi dokter spesialis 15 orang serta tenaga teknik insinyur 15 orang, termasuk 70 orang untuk penguatan di RSUD dr. Slamet Garut.

"Banyak pegawai rumah sakit yang akan pensiun tahun ini," kata Bupati.

Bagi warga Garut yang akan mengikuti seleksi, prosesnya seleksi CPNS akan dilaksanakan di Kabupaten Tasikmalaya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tentangan dari Tenaga Honorer

Peserta tes seleksi CPNS Kemenkumham menanti waktu pengecekan keabsahan administrasi di gedung BKN, Jakarta, Senin (11/9). Pada 2017, tercatat 1.116.138 pelamar CPNS mendaftar di lingkungan Kemenkumham. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sekitar seratus pegawai honorer kategori 2 (K2) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, menolak adanya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil umum karena menganggap merekalah yang berhak menjadi CPNS.

"Kita tuntut dan berharap Pemerintah Kabupaten Cirebon menolak adanya formasi umum dari pusat," kata Koordinator Honorer K2 Cirebon Wandi saat melakukan aksi di depan kantor bupati setempat di Cirebon, Rabu, 19 September 2018, dilansir Antara.

Menurut Wandi, dengan adanya pembukaan CPNS umum, kesempatan mereka yang sudah lama mengabdi di Kabupaten Cirebon akan sia-sia. Apalagi, pemerintah pusat juga memberikan syarat bagi honorer K2 yang bisa mendaftar CPNS harus berusia di bawah 35 tahun.

"Ini sangat tidak adil," katanya.

"Saya harap Bupati Cirebon secepatnya meminta kepada Presiden untuk segera menyelesaikan honorer K2 menjadi CPNS. Jangan malah membuka CPNS umum," ujarnya.

Wandi mengatakan sembari menunggu regulasi dari pusat terkait penyelesaian honorer K2 secara nasional menjadi CPNS, pemerintah daerah harus mempertimbangkan kesejahteraan yang layak atau upah yang layak minimal kabupaten kepada honorer K2.

"Perhatikan upah kami Pak Bupati, kami sebulan hanya menerima Rp 300 ribu. Kami sudah mengabdi puluhan tahun, tolong perjuangkan nasib kami Pak Bupati," ujarnya.

Kemarin, seratusan honorer K2 dari beberapa instansi mendatangi kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Kantor Bupati Cirebon dan Kantor DPRD Kabupaten Cirebon.

Kedatangan mereka untuk menagih janji Bupati Cirebon yang pernah berucap bahwa Kabupaten Cirebon tidak akan membuka atau CPNS umum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Upaya Dirjen SDA Atasi Permasalahan Kebutuhan Air Nasional

Posted: 19 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Indonesia masih menghadapi tantangan dalam hal kecukupan air. Menurut Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), Hari Suprayogi, Indonesia masih memerlukan banyak tampungan air untuk keperluan air irigasi yang berkontribusi bagi kebutuhan pangan.

Indonesia juga membutuhkan tampungan air untuk memenuhi kebutuhan air minum sampai akhir 2019 dan tambahan air baku hingga 128 m3/detik.

"Salah satu tantangan besar bagi Indonesia adalah bagaimana memenuhi kebutuhan air tersebut di dalam situasi anggaran pembangunan yang terbatas. Karena itu, meningkatnya tuntutan pembangunan infrastruktur sumber daya air seperti bendungan dan embung, harus diikuti dengan langkah-langkah efektif dan efisien," ujar Hari.

Perubahan iklim yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir akibat cuaca ekstrem dan bencana telah berdampak terhadap infrastruktur sumber daya air. Karena itu, semua pihak setuju bahwa pembangunan infrastruktur SDA sangat diperlukan, misalnya dengan pembangunan 65 bendungan selama periode 2015-2019.

Pembangunan tersebut akan memberikan tambahan volume air sebesar 2,3 miliar meterkubik, sehingga total kapasitas waduk menjadi 14,4 miliar meterkubik.

"Dengan merencanakan pembangunan lebih tepat sasaran, maka manfaat pembangunan infrastruktur SDA akan langsung dan lebih dinikmati pihak yang membutuhkan. Pemanfaatan air yang selama ini kita catat, lebih dari 85 persen digunakan untuk kebutuhan pertanian, sekitar 4 persen untuk kebutuhan industri dan sekitar 11 persen untuk konsumsi domestik," ucap Hari.

Pemenuhan kebutuhan air industri yang semakin besar, imbuhnya, tentu berbeda dari menjawab kebutuhan air baku domestik dan air untuk pertanian. Prioritas pemenuhan air untuk industri bisa dilakukan misalnya dengan pengembangan teknologi daur ulang air dan limbah.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah konservasi, yaitu meningkatkan budaya hemat air. Penerapan kebijakan dan pemanfaatan teknologi sumber daya air diarahkan untuk mendorong penggunaan air lebih sedikit dan pencegahan polusi. Misalnya, kebijakan di bidang irigasi untuk pertanian, yaitu penggunaan irigasi tetes yang dapat meningkatkan efisiensi irigasi dari 50 persen hingga 95 persen.

Dalam hal perubahan iklim dan peristiwa alam, Hari menyampaikan rasa duka dengan rentetan gempa yang menimpa Lombok. Namun dari segi infrastruktur SDA, dia bersyukur karena ketahanan infrastruktur SDA cukup teruji dan tidak mengalami kerusakan parah. Hal ini menjadi pengingat untuk antisipasi ke depan untuk lebih meningkatkan ketahanan infrastruktur, termasuk pemulihan fungsinya yang rusak. 

"Tahun ini, Presiden Jokowi mengalokasikan anggaran lebih dari Rp 410,4 triliun untuk pembangunan infrastruktur, lebih dari Rp 37 triliun menjadi tanggungjawab Dirjen SDA. Saya mohon dukungan agar kami amanah mewujudkan pembangunan infrastruktur SDA di era digital ini dengan lebih efektif dan efisien," kata Hari.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Blok Cepu Jadi Andalan Raih Target Lifting Minyak 775 Ribu BPH

Posted: 19 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Blok minyak dan gas bumi (migas) Cepu, Bojonegoro menjadi andalan, untuk mencapai target produksi siap jual (lifting) minyak yang ditetapkan dalam Rancangan Angaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2018 sebesar 775 ribu barel per hari (bph).

Direktur Jenderal Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto mengatakan, sebenarnya produksi minyak Indonesia mengalami penurunan alamiah. Hal ini membuat lifting minyak yang diusulkan pemerintah hanya sebesar 750 ribu bph. Namun ternyata dalam rapat nota keuangan bersama DPR lifting ditetapkan 775 ribu bph.

"Sekarang kan outlook akhir tahun 775 ribu bph, secara alamiah itu turun makanya di nota keuangan jadi 750 ribu bph,‎" kata Djoko, di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Menurut Djoko, ‎untuk menggenjot produksi minyak agar mencapai target, Kementerian ESDM akan mengoptimalkan produksi Blok Cepu Lapangan Banyu Urip.

Prediksinya, produksi minyak dari ladang minyak yang dioperatori Exxon Mobil Cepu Limited tersebut, dapat meningkat 5.000 sampai 10 ribu barel per hari (bph).

‎"Iya, bisa bertambah produksi 5.000-10 ribu bph. 2019 juga kita pertahankan, kan secara alamiah turun tapi dengan berbagai upaya, salah satunya Exxon tadi kan," tutur Djoko.

Dia mengungkapkan,‎ untuk meningkatkan produksi minyak dari Lapangan Banyu Urip, akan dilakukan pemasangan pendingin atau cooler.

Pendingin tersebut akan membuat temperatur pada sumur minyak tetap stabil. Pasalnya produksi minyak saat siang hari lebih sedikit ketimbang malam. Dengan pemasangan alat pendingin tersebut, jumlah minyak yang diproduksi akan tetap sama saat siang dan malam hari.

"Itu pendingin, ketika malam hari itu produksi Exxon bisa naik, ketika siang turun jadi ada perbedaan temperatur yang membuat produksi bisa naik bisa turun, sehinga siang hari dipasang cooler supaya produksi bisa naik seperti malam. Itu 5 ribu - 10 ribu barel tambahnya," dia menandaskan.

Menteri Jonan Ingin Dongkrak Lifting Migas

Ilustrasi tambang migas  (iStockPhoto)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengusulkan lifting migas untuk Rencana Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (RAPBN) 2019 sebesar 2 juta barrel oil equivalent per day (BOEPD). Angka tersebut lebih tinggi dari 2018 yang sebesar 1,921 juta BOEPD.

Menurut data Kementerian ESDM, dengan kenaikan lifting migas tersebut justru membuat biaya produksi (cost recovery) yang tercatat USD 10,22 miliar menjadi lebih rendah dari outlook 2018, yaitu sebesar USD 11,34 miliar.

Usulan ini selanjutnya akan dibahas lebih lanjut dan ditetapkan pada Rapat Kerja hari Senin, 17 September 2018.

"Lifting migas sampai hari ini realiasasinya itu 1,921 juta BOEPD, outlook-nya 1,902 juta BOEPD. Dan untuk RAPBN 2019 diusulkan lifting migas sebesar 2 juta BOEPD dengan biaya produksi USD 10,22 miliar, dengan kurs sebesar 14.400 per dolar AS," ujar Jonan seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/9/2018).

Berdasarkan catatan Kementerian ESDM, realisasi cost recovery hingga akhir agustus 2018 sebesar USD 7,77 miliar dan outlook sebesar USD 11,34 miliar. Untuk mengurangi cost recovery ini, menurut Jonan, tidak banyak yang bisa dilakukan, paling banyak 1/3 atau 40 persen karena sisanya merupakan sisa bawaan dari masa kontraknya puluhan tahun yang lalu.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jika Tak Ubah Persyaratan Layanan, Facebook Bakal Kena Sanksi Uni Eropa

Posted: 19 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Facebook bakal dikenai sanksi jika tak memenuhi aturan Komisi Uni Eropa terkait dengan perlindungan konsumen.

Dikutip Tekno Liputan6.com dari Reuters, Kamis (20/9/2018), saat ini, platform online sedang di bawah tekanan, lantaran dominasi dan praktik bisnis antikompetitif mereka.

Gara-gara praktik bisnis monopoli tersebut, Facebook dan kawan-kawannya terancam sanksi denda yang besar.

Tidak cuma itu, masalah privasi dan kekhawatiran konsumen membuat posisi Facebook kian tertekan.

Hal ini terjadi tujuh bulan setelah Komisaris Kehakiman Eropa Vera Jourova meminta Facebook dan perusahaan teknologi lainnya untuk mengubah persyaratan layanan mereka, agar sesuai dengan UU Konsumen Uni Eropa. Facebook belum juga mematuhi keinginan Uni Eropa.

"Hanya saja progres yang sifatnya terbatas dan berjalan sangat lambat," kata sumber dekat dengan Uni Eropa yang tak disebut namanya.

Jourova sebelumnya menyuarakan kekhawatiran tentang kewajiban perusahaan dan bagaimana pengguna harus diberitahu tentang penghapusan konten atau pemutusan layanan.

Otoritas perlindungan konsumen di 28 negara yang mendesak perubahan pada tahun lalu, meminta agar mereka diberi kekuatan untuk mendenda perusahaan teknologi yang melanggar peraturan UE.

Facebook sebelumnya mengatakan, pihaknya bekerja dengan pihak berwenang Uni Eropa untuk mengubah ketentuan dan memastikan transparansi yang lebih besar.

Butuh Waktu Lama untuk Benahi Facebook

Mark Zuckerberg, Founder sekaligus CEO Facebook, banyak disalahkan sebagian pihak karena membiarkan penggunanya membagikan tautan berita hoax di Facebook. (Doc: Wired)

Sebelumnya, bos Facebook mengatakan butuh waktu cukup panjang untuk membenani jejaring sosial Facebook secara keseluruhan.

Dalam unggahan di akun Facebook-nya, Zuckerberg mengatakan untuk membenahi Facebook diperlukan sebuah proyek yang setidaknya berjalan selama tiga tahun. Bahkan, diperpanjang pada 2019.

Meski begitu, Zuck berharap proyek untuk membenahi Facebook bisa berlangsung dalam jangka waktu lebih cepat.

Selain itu, sebagaimana dikutip The Verge, Minggu (9/9/2018), ia mengatakan akan menuliskan serangkaian uraian tentang cara yang dilakukan untuk mengatasi banyak masalah di Facebook.

Hal ini terjadi setelah CEO Facebook itu menggebrak publik dengan janji terbukanya untuk memperbaiki berbagai masalah di jejaring sosial besutannya.

Bersama Facebook, suami Priscilla Chan ini telah melewati masa-masa sulit menghadapi berbagai hal.

Masalah yang dimaksud mulai dari skandal penyalahgunaan data yang dilakukan Cambridge Analytica hingga peran Facebook turut menyebarkan informasi palsu, hingga dugaan campur tangan Rusia dalam Pilpres AS 2016, serta berbagai problematika lainnya.

Pengguna Mulai Tinggalkan Facebook

Mark Zuckerberg

Kasus penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica ternyata berpengaruh pada pengguna media sosial tersebut. Menurut laporan terbaru, banyak pengguna kini mulai meninggalkan Facebook.

Berdasarkan survei dari Pew Research Center, mayoritas pengguna Facebook di Amerika Serikat dilaporkan memilih untuk rehat dari media sosial itu hingga beberapa minggu selama setahun terakhir.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (8/9/2018), sekitar 25 persen responden mengaku sudah menghapus aplikasi Facebook dari perangkatnya.

Adapun survei ini dilakukan pada pengguna Facebook di Amerika Serikat dengan usia 18 tahun ke atas.

Survei diadakan pada 29 Mei hingga 11 Juni, saat kasus skandal Cambridge Analytica baru muncul ke permukaan.

Oleh sebab itu, hasil survei pun menunjukkan banyak pengguna yang memilih meninggalkan Facebook. Keputusan untuk meninggalkan Facebook ini dilaporkan berbeda-dari berdasarkan usia responden.

Semakin tua usia responden, keputusan untuk meninggalkan Facebook ternyata tidak terlalu besar.

Studi juga menunjukkan 44 persen pengguna dengan usia 18 hingga 29 mengaku dirinya memilih untuk menghapus Facebook. Sementara hanya 20 persen dari responden yang berusia 50 hingga 64 tahun melakukaan hal tersebut.

Tidak hanya itu, lebih dari setengah responden mengaku dirinya melakukan pengaturan privasi di Facebook usai temuan skandal penyalahgunaan data oleh Cambridge Analytica.

(Tin/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sehati dengan Mat Solar, Oneng Bajaj Bajuri Ternyata Juga Jatuh Sakit

Posted: 19 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Cukup lama nama Mat Solar tidak lagi unjuk gigi di layar kaca. Pemeran Bajuri dalam sitkom Bajaj Bajuri itu ternyata kini tengah menderita stroke.

Begitu kabar Mat Solar sakit menyeruak, publik pun langsung teringat pada sosok Rieke Diah Pitaloka si pemeran Oneng, istri Bajuri. Rieke ternyata tidak tahu bahwa Mat Solar saat ini sedang sakit.

"Assalamualaikum, bang Juri apa kabar kah abangku tercinta? Aduh bang, lemes bang. Abang lagi sakit ye katanye ye bang? Kenapa enggak ngomong sama Oneng," ujar Rieke dalam video yang diunggahnya ke Instagram pribadinya, Rabu (19/9/2018).

Rupanya, wanita 44 tahun itu juga tengah terbaring lemah di rumah sakit. "Oneng juga sama sih lagi sakit, bang. Ya elah, kita bisa kompak begini. Emang udah sehati kita emang jodoh, bang," lanjut lawan main Mat Solar tersebut.

 

Pengin Nengok

Mat Solar adalah seorang aktor asal Indonesia

Sayangnya, Rieke Diah Pitaloka tidak memberitahukan penyakit apa yang kini tengah dideritanya. Ia hanya berharap cepat sembuh dan bisa segera menjenguk Mat Solar.

"Nanti kalau Oneng sembuh, Oneng nengokin abang. Abang jangan banyak pikiran. Oneng juga lagi diinfus," katanya.

 
 
 
View this post on Instagram

Bang Bajuri... Oneng juga sakit nih 😅

A post shared by Rieke Diah Pitaloka (@riekediahp) on

Tetap Humoris

Sinetron Bajaj Bajuri. Foto: Youtube

Meski kondisinya lemah, Rieke Diah masih sempat menyelipkan candaan untuk Mat Solar. "Abang sih dibilangin. Udah enggak apa-apa narik bajaj aja, eh abang malah mau jadi tukang bubur. Kebanyakan makan bubur jadi begitu dah akibatnya," tuturnya.

Ia bahkan mengadu pada Mat Solar soal sang emak yang dalam sitkom tersebut diperankan Nani Wijaya, ternyata menikah lagi.

"Tapi bang, ngomong-ngomong abang tahu kalau emak kawin lagi? Oneng ditinggalin, bang," ujarnya sambil mewek.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Memprihatinkan, Kondisi Balita Terjangkit Rubella

Posted: 19 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang balita di Bangka Belitung terjangkit penyakit Rubella. Sang balita mengalami gejala kebutaan, gangguan pendengaran, dan pertumbuhan tubuh tak normal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KemenPUPR Fokus Lakukan Penataan Kawasan Destinasi Danau Toba

Posted: 19 Sep 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) sedang melakukan pembangunan infrastruktur di Kawasan Strategi Nasional (KSN) Danau Toba guna mengembangkan sektor pariwisata. Salah satu pembangunan yang dilakukan adalah akses menuju Danau Toba, baik jalur darat maupun udara.

Jalan tol Medan-Siantar menjadi jalur darat yang dapat menghubungkan wisatawan dari Medan dan Bandara Kualanamu ke Siantar. Keberadaan jalan tol ini dapat mempersingkat waktu perjalanan ke Danau Toba, yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu enam jam sekarang cukup tiga atau empat jam saja.

Selain membangun infrastruktur, KemenPUPR juga sedang menata kawasan danau untuk menggali lebih banyak potensi wisata alam, air, jembatan, air bersih dan sanitasi, serta penataan rumah untuk jadi tempat wisata etnis. Untuk itu, Kementerian PUPR segera melakukan segala upaya yang dilakukan untuk memperlancar penataan itu, termasuk mengatasi persoalan yang ada di sekitar kawasan itu.

Salah satu permasalahan yang ingin diatasi adalah memburuknya kualitas air danau dan penurunan debit air akibat keberadaan Kerambah Jaring Apung (KJA) di sekitar perairan danau. Karena itu, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) KemenPUPR segera melakukan penataan serta sosialisasi kepada petani dan pemilik kerambah.

"Harus diatur betul. Kita ingin mengembalikan Danau Toba seperti semula, dengan kondisi air yang baik, supaya orang mau mandi di danau. Dirjen SDA Kementerian PUPR sudah melakukan penelitian dan melihat kadar air danau, hasilnya kurang baik, salah satu penyebabnya adalah kerambah," ujar Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam keterangan rilisnya.

Melihat fenomena tersebut, maka tema yang dipilih untuk Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia (HATHI) adalah Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu Menghadapi Tantangan Perubahan Iklim Ekstreem dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur di Era Digital. Dalam forum ini, para ahli dan semua pihak pengguna sumber daya air nasional dapat berinteraksi dan bekerja sama melakukan penelitian.

"Forum ini menjadi media komunikasi profesi dalam rangka meningkatkan kapasitas dan tanggungjawab keilmuan untuk menghadapi tantangan saat ini dan masa depan," ujar Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Makmur Ginting.

Makmur menambahkan, pertambahan jumlah penduduk, perubahan tata guna lahan, percepatan pembangunan infrastruktur, dan perubahan iklim ekstrem merupakan tantangan besar dalam pengelolaan sumber daya air dunia, termasuk Indonesia.

"HATHI adalah salah satu organisasi profesi yang ikut bertanggungjawab memberikan sumbangan pemikiran atas penyelesaian masalah tersebut," ucap Ketua Hati Cabang Sumatera Utara, Roy Panagom Pardede.

Sementara itu, Ketua Umum HATHI, Imam Santoso, mengatakan bahwa garis besar kebijakan dan program kerja HATHI periode 2016-2019 adalah meningkatkan profesionalisme tenaga ahli hidraulik Indonesia yang berdaya saing internasional, mendorong dan meningkatkan peran serta anggota HATHI dalam pengelolaan SDA secara terpadu dan berkelanjutan, serta berpartisipasi dalam mencapai tujuan Nawacita.

 

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bantai Young Boys, Mourinho Puji 3 Pemain MU

Posted: 19 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Bern - Manajer Manchester United (MU), Jose Mourinho memuji tiga anak asuhnya yang tampil cemerlang saat melawan Young Boys pada laga pertama fase grup Liga Champions 2018/19.

Setan Merah, sebutan MU, meraih kemenangan 3-0 atas Young Boys di Stade De Suisse Wankdorf Bern, Rabu (19/9/2018) atau Kamis dini hari WIB. Tiga gol MU dicetak oleh Paul Pogba (dua gol) dan Anthony Martial.

Usai pertandingan, Mourinho memberikan khusus kepada Pogba yang terpilih sebagai man of the match. Pemain asal Prancis itu tercatat melepaskan dua sepakan, yang semuanya menjadi gol.

Selama 75 menit bermain, Pogba melepaskan 54 umpan, 50 di antaranya mengarah ke pemain MU. Artinya, operan sukses Pobga sebesar 93 persen. Pogba harus digantikan Andreas Pereira setelah tampil cemerlang.

"Pogba merasa lelah di menit akhir pertandingan, tetapi dia sudah menunjukkan penampilan yang bagus. Dia memberi tim kecepatan yang kami butuhkan di saat yang tepat," ucap manajer MU asal Portugal, dikutip dari BT Sport. 

Puji 2 Fullback MU

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho merangkul bek Luke Shaw. (AFP Photo/Oli Scarff)

Selain Pogba, Mourinho juga memuji performa dua fullback Setan Merah, Luke Shaw dan Diogo Dalot. Dalam laga ini, keduanya bermain selama 90 menit.

Shaw tercatat berhasil menciptakan tiga peluang di kotak penalti Young Boys. Dia juga menjadi pemain terbanyak melakukan tekel secara sukses, sebanyak lima kali, melawan tim asal Swiss.

Sedangkan Dalot bermain sangat tenang dalam debutnya bersama MU. Dia juga memenangkan satu kali duel dengan pemain Young Boys.

"Kedua fullback main bangus, mereka terbuka dan selalu membuka maka, sangat tenang. Shaw juga bagus sejak awal musim, sedangkan Dalot merupakan bek kanan muda terbaik di Eropa, dia baru 19 tahun," ujar Mourinho.

 

Lawan Tangguh

Usai membantai Young Boys, Mourinho fokus pada dua lawan MU di Liga Champions selanjutnya, Juventus dan Valencia. Untungnya, saat melawan Juventus, MU tak perlu berjumpa dengan mantan pemain mereka, Cristiano Ronaldo, yang terkena kartu merah.

"Sekarang kami memiliki dua pertandingan penting melawan Valencia dan Juventus. Mereka adalah lawan yang sangat bagus," ujarnya mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kencan Romantis, Ariana Grande Cium Mesra Pete Davidson

Posted: 19 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ariana Grande dikabarkan masih berduka atas kematian mantan pacarnya, Mac Miller. Sepekan setelah kematian sang rapper, Ariana Grande juga terlihat belum beraktivitas.

Namun, Ariana Grande akhirnya kembali menampakkan diri. Kamera paparazi berhasil mengabadikan kemunculannya di salah satu sudut Kota New York pada Senin (17/8/2018) lalu.

Tak sendirian, Ariana Grande tampak ditemani sang tunangan tercinta, Pete Davidson. Pasangan ini rupanya asyik menikmati momen kencan romantis mereka di kawasan Manhattan. 

Yang lebih mengejutkan lagi, kamera paparazi juga berhasil mengabadikan momen manis saat keduanya sedang berbagi ciuman mesra. Tak peduli meski sedang berada di depan umum, Ariana Grande rupanya masih suka bermanja-manja pada bintang SET IT UP itu.

 

Emosional

Ariana Grande - Pete Davidson (NICHOLAS HUNT / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Tak cuma berhenti sampai di situ, di salah satu foto juga terlihat momen saat Ariana Grande begitu emosional. Dia yang masih berduka atas kepergian Mac pun menyandarkan kepalanya di dada Pete. 

Di masa-masa sulit seperti ini, Pete memastikan dirinya selalu ada di samping Ariana Grande. Tidak hanya menghibur sang tunangan, aktor sekaligus komedian berusia 24 tahun ini juga membuat Ariana Grande tetap nyaman saat bersamanya.

Duka untuk Mac Miller

(Kevin Winter/AFP)

Seminggu setelah berita kematian Mac Miller, akhirnya Ariana Grande buka suara. Ia membagikan rasa dukanya terhadap sang mantan kekasih. Kematian Mac karena overdosis narkoba ini sangat mengejutkan Ariana. 

"Aku mengagumimu sejak kali pertama kita bertemu di usia 19 tahun dan akan terus begitu. Aku tak percaya kini kamu telah tiada. Kita telah membicarakan (masalah narkoba), berulang kali," tulis Ariana sebagai caption. 

Ia menambahkan, "Kamu teman kesayanganku, kamu di atas segalanya. Aku minta maaf tak bisa membantu atau mengurangi rasa sakitmu, meski aku amat ingin. Kamu orang baik, termanis, dengan iblis (kecanduannya) yang tak seharusnya kau miliki. Aku harap sekarang kamu lebih baik, beristirahatlah." (Kapanlagi.com/ Soraya)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Mantan Finalis Indonesian Idol Jadi Perampok

Posted: 19 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dede Richo Ramalinggam, mantan finalis Indonesia Idol 2008, yang lebih dikenal Dede Idol, ditangkap polisi karena merampok sebuah mobil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ada Sadio Mane di Balik Selebrasi Satu Mata Striker Liverpool

Posted: 19 Sep 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Sadio Mane punya cerita menarik di balik kemenangan Liverpool atas PSG di Liga Champions tengah pekan ini. Ternyata Mane sempat mengusulkan Firmino bermain dengan satu mata sebelum laga itu.

Akhir pekan kemarin, Firmino bermain sebagai starter di pertandingan Liverpool melawan Tottenham. Ia sempat mencetak satu gol di laga tersebut.

Akan tetapi ia kemudian ditarik keluar di pertengahan babak pertama. Sebab mata kirinya mengalami cedera usai tercolok jari bek Spurs, Jan Vertonghen.

Pemain asal Brasil itu sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun meski ia dinyatakan baik-baik saja, Jurgen Klopp sempat mengaku ia tak tahu apakah Firmino bisa main saat lawan PSG.

Saat belum ada kepastian itulah, Mane lantas menggoda Firmino. Ia menghubungi pemain yang kerap gonta-ganti selebrasi agar tetap bermain meski sebelah matanya belum pulih.

 

Pesan Mane

Aksi Sadio Mane saat Liverpool menang lawan Leicester City  (AP Photo/Rui Vieira)

"Saya pikir Firmino tidak perlu matanya untuk bermain, jadi saya katakan itu padanya," ucapnya seperti dilansir Sky Sports.

"Saya mengiriminya pesan pada hari Senin mengatakan, 'Hei, Firmino, ayolah, kami membutuhkanmu'," kata Mane.

"Kalian semua telah melihat aksi mencetak golnya 'tanpa melihat' jadi saya rasa ia tidak perlu matanya untuk bermain. Saya mengirim pesan kepadanya, 'Anda tidak butuh mata Anda'," ujarnya menambahkan.

Entah godaan Mane itu ada pengaruhnya atau tidak, akan tetapi pada hari H pertandingan itu digelar, pagi harinya Firmino mengatakan pada Klopp dirinya siap untuk bermain.

Firmino sendiri hanya bermain sebagai pemain pengganti di laga itu. Ia masuk menggantikan Daniel Sturridge.

Firmino akhirnya bisa mencetak gol pada menit 90+1. Setelah itu ia melakukan selebrasi unik: menutup mata kirinya dengan tangannya. Selebrasi itu sendiri sangat disukai oleh Klopp.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mitsubishi Pajero Terbaru Diuji di Thailand, Masuk Indonesia?

Posted: 19 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mitsubishi Pajero akan mendapatkan wajah terbaru yang lebih segar. Hal tersebut terlihat dari Mitsubishi Pajero berkamuflase yang diuji di Thailand. 

Meskipun berkamuflase, terlihat jelas bahwa ada perubahan desain Pajero. Seperti diberitakan Autoindustriya, desain Dynamic Shield lebih diperhalus, membuatnya terlihat lebih bersih.

Grille depan juga tampak sedikit lebih besar dari sebelumnya, sementara lampu depan mendapatkan tweak ringan. Sulit memastikan apakah bumper depan juga mendapatkan krom.

Sementara bagian belakang, Mitsubishi tampaknya tak banyak memberikan perubahan. Tapi memang mungkin tak berubah dan dibiarkan sama, mengingat banyak yang menyukai desain lampu belakang seperti bentuk menangis.

Namun itu berlaku di Thailand, bagaimana dengan pasar Indonesia? Menanggapi hal tersebut, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan," Belum ada rencana untuk Pajero Sport, kita belum ada rencana untuk melakukan perubahan saat ini."

Irwan menegaskan untuk yang saat ini beredar, Pajero di Indonesia dan di Thailand adalah generasi yang sama. Namun, jika Mitsubishi Pajero baru meluncur di Thailand. Di Indonesia bisa mengikuti atau bisa juga tidak, karena produksinya di negara masing-masing.

Wuling SUV Meluncur Tahun Depan, Ini Tanggapan Mitsubishi

SUV yang diperkenalkan Wuling Indonesia menarik perhatian pengunjung. (Septian/Liputan6.com)

Wuling Motors terlihat akan mulai menyasar pasar SUV dengan membawa SUV andalan mereka, Wuling SUV atau versi Wuling dari Baojun 530 pada GIIAS 2018. Pada saat itu pihak Wuling belum menerima pesanan, karena memang hanya untuk tes pasar.

Namun, jika tak ada ubahan rencana SUV tersebut diluncurkan tahun depan. Yang artinya segmen SUV di Indonesia akan kedatangan pemain baru dengan harga yang kompetitif. Seperti yang Wuling lakukan dengan meluncurkan Confero dan Cortez di kelas LMPV dan MPV.

Lantas bagaimana respons dari Mitsubishi? Pasalnya Wuling SUV tersebut akan bersenggolan dengan Outlander yang dibanderol Rp 330 - 375 juta (OTR Jakarta). Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, mengatakan," Kita perlu lihat dulu bagaimana launching dia (Wuling SUV), bagaimana respons pertama masyarakat."

Irwan mengakui belum ada strategi khusus untuk menyambut kedatangan SUV asal Cina tersebut. " Untuk Outlander-nya sendiri kita terus promosikan, memang belum ada perubahan, tapi kita masih punya konsumen yang masih melihat Outlander sebagai pilihannya. Jadi kita lihat dulu lah," sambungnya.

Menurutnya, semakin banyak pemain di dunia otomotif menjadi tantangan tersendiri, terutama pemain baru non-Jepang. Semakin ketatnya kompetisi mengharuskan Mitsubishi memberikan value yang lebih, tidak hanya dari sisi produk, tapi juga aftersales, dan brand image.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Lindungi Nasabah, Perusahaan Investasi Emas Online Ini Tunggu Legalitas dari OJK

Posted: 19 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT Aurum Karya Indonesia, salah satu entitas penyelenggara investasi emas secara online terus berupaya untuk mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hal ini guna menjamin keamanan saldo emas nasabah.

CEO Aurum Karya Indonesia George B. Sumantri mengatakan, perusahaan telah mengajukan perbaikan izin usaha kepada OJK. Diharapkan dalam waktu dekat ini OJK sudah mengeluarkan izin sehingga bisa kembali melayani masyarakat secara penuh sesuai dengan peraturan yang berlaku.

‎"Pengajuan perbaikan izin usaha ini merupakan sebuah bentuk komitmen nyata Aurum dalam melindungi emas pengguna," ujar dia di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Selama proses pengajuan izin berlangsung, George menjamin keamanan saldo emas pengguna serta memastikan nilai investasi yang sesuai dengan fluktuasi harga emas di pasar.

Pengguna juga dapat menjual dan mengambil emas sesuai dengan prosedur yang berlaku.

‎"Sejalan dengan pertumbuhan industri, kami akan mengikuti perkembangan peraturan perundang-undangan maupun peraturan kebijakan yang berlaku. Rasa aman dan nyaman bagi pengguna merupakan syarat mutlak bagi Aurum dalam menjalankan bisnis," tandas dia.

Satgas Waspada Investasi

Ilustrasi Logam Mulia (iStockphoto)

Diberitakan sebelumnya, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam Lumban Tobing mengimbau masyarakat waspadai ajakan investasi emas secara online. Investasi emas online ini dilarang karena tidak ada bentuk fisik emas yang didapatkan masyarakat sementara dana terus disetorkan.

"Dalam perdagangan kan kalau kita beli emas. Emas yang kita dapat, ini bukan," ujar Tongam saat berbincang dengan wartawan di Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta.

Salah satu entitas yang terpantau melakukan aktivitas ini adalah PT Aurum Karya Indonesia di akun Tokopedia.

Perusahaan tersebut pun telah diperingatkan oleh OJK untuk menghentikan kegiatan sebelum mendapat izin dari OJK dan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappetti).

"Prinsipnya kan harusnya cash and carry. Nah ini barangnya tidak ada. Kami sudah diskusi, Aurum harus izin di Bappepti. Karena dia lakukan kegiatan perdagangan. Jadi dia harus hentikan dulu kegiatannya. Menurut mereka sudah 20 kg Gold dalam emas digital," jelas dia.

Tongam menambahkan, investasi emas secara online ini pun cukup unik. Sebab, masyarakat diiming-imingi hanya mencicil pembayaran emas dan pada waktunya nanti dijanjikan dapat melakukan penjualan kembali apabila harganya naik.

"Memang kecil-kecil Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu untuk beli emas tapi emasnya tidak dalam bentu fisik tapi digital. Artinya dengan Rp 10 ribu saya punya 0,001 gram yang pada saatnya naik bisa saya jual. Tapi ini belum pasti karena itu tadi, tidak ada barangnya," ungkap dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tutorial Makeup Flawless dalam 1 Menit dari Carolina Septerita

Posted: 19 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Wanita urban saat ini dituntut tetap cantik dalam menjalani aktivitas yang padat dan mobilitas yang tinggi. Bahkan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk berdandan. Anda harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkn untuk dapat mengaplikasikan makeup.

Oleh karena itu, makeup artist brand kecantikan Wardah, Carolina Septerita membagikan tutorial makeup singkat dan sederhana, untuk tampil flawless hanya dalam 1 menit. Dengan menggunakan rangkaian lini makeup premium terbaru dari wardah, yaitu Instaperfect, Anda bisa tampil memukau sehari-hari dengan waktu singkat.

Bagi Anda wanita dengan jadwal yang padat sehari-harinya berikut tutorial makeup flawless dalam waktu 1 menit yang diberikan Carolina Septerita, Selasa (18/9/2018).

Cushion

Produk cushion pertama dari wardah bisa Anda aplikasikan pertama kali setelah mengaplikaskan skincare dasar pada wajah. Pilih warna cushion yang sesuai dengan tone kulit Anda. Untuk memberikan kesan dimensi pada wajah, berikan sentuhan warna lebih terang pada bagian depan yaitu area kening, hidung, dan dagu.

 

Blush on

Berikut tutorial dapatkan makeup flawless dalam waktu hanya 1 menit ala makeup artist Wardah, Carolina Septerita. (Foto: instagram/ carolinasepteritabeauty)

Rangkaian Wardah instaperfect menghadirkan produk blush on dengan kemasan yang unik. Blush on ini berbentuk stik dengan dilengkapi brush pada sisi berlawanan. Anda bisa mengaplikasikan blush on ini pada kelopak mata sebaga eyeshadow. Kemudian melanjutkannya pada bagian pipi untuk membuat penampilan lebih merona.

 

Lipstik

Berikut tutorial dapatkan makeup flawless dalam waktu hanya 1 menit ala makeup artist Wardah, Carolina Septerita. (Foto: iStockphoto)

Langkah terakhir untuk menyempurnakan makeup flawless 1 menit ini, aplikasikan lipstik dengan warna favorit Anda. Untuk penampilan flawless Anda bisa memilih warna-warna nude. Jika belum mendapatkan warna yang sesuai, Anda juga bisa mengkombinasikan dua warna lipstik. Anda siap beraktivitas dengan tetap tampil cantik dalam waktu singkat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jelang Masa Kampanye, PDIP Luncurkan Tagline dan Atribut ala Milenial

Posted: 19 Sep 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan meluncurkan tagline dan atribut baru menjelang masa kampanye Pemilu 2019. Tagline dan atribut baru yang ditujukkan untuk kaum milineal ini rencananya akan diluncurkan di Kantor DPP PDIP Jakarta Pusat, Kamis (20/9/2018).

"Pada hari ini, sebagai bentuk kesiapan memasuki tahap kampanye dan terobosan di dalam melakukan kreativitas politik; politik dengan fun, kegembiraan politik namun kental dengan tradisi kebudayaan, maka PDI Perjuangan meluncurkan tagline Partai dan atribut Partai yang ditujukan untuk kaum muda, kaum milenial," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan persnya, Kamis (20/9/2018).

Menurut dia, tagline dan atribut partai ini menyentuh alam rasa kaum milenial dan dikerjakan dengan mengedepankan kreativitas. Namun, Hasto masih merahasiakan apa tagline serta atribut baru PDI-P ini.

"Ibu Megawati (Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDIP) menaruh perhatian yang begitu besar terhadap kaum muda. Kami diajarkan berpolitik yang berkebudayaan, dan penuh warna keindonesiaan," ucapnya.

Alasan Dukung Jokowi

Hasto mengatakan bahwa partainya mencalonkan Jokowi- Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019 bukan tanpa alasan. Dia mengatakan pencalonanan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah bagian dari semangat PDIP untuk menggelorakan kaum muda Indonesia.

"Dengan demikian, perpaduan Jokowi-Ma'ruf Amin adalah kepemimpinan transisional untuk masa depan Indonesia Raya di mana ke depan tidak boleh lagi ada berbagai persoalan terkait Pancasila, NKRI dan kebinekaan Indonesia. Sebab semua untuk kebesaran Indonesia," jelas Hasto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kisah Parit Panjang Penjaga Madinah yang Dibangun Rasulullah

Posted: 19 Sep 2018 09:09 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terik tak menghalangi perjalanan sebagian jemaah Turki untuk singgah ke Masjid Sab'a. Mereka berkumpul membentuk lingkaran sembari mendengar kisah perjalanan Rasulullah di tanah itu.

Meski telah berubah, tempat tersebut dahulu menjadi saksi umat Islam Madinah bertahan dalam pertempuran besar, yaitu Perang Ahzab. Serangan itu bermula dari kedatangan 20 orang Yahudi ke Makkah.

Kedatangan pimpinan Yahudi dan pemuka Bani an-Nadhir itu bertujuan untuk memprovokasi Quraisy agar menyerang Rasulullah.

Pemimpin Yahudi juga memprovokasi suku Ghathafan. Pasukan gabungan sebanyak sepuluh ribu orang itu akan menyerang Rasulullah di Madinah.

Akan tetapi, berita serangan itu sampai di telinga Rasulullah, sehingga Rasullullah bermusyawarah dengan para sahabat. Dalam rapat itu, Salman al-Farisi menjadi bintang.

Dia mengusulkan kepada Nabi Muhammad untuk membangun parit di sebelah utara Kota Madinah untuk menghalau musuh.

Strategi yang baru dikenal itu segera disetujui Rasulullah. Utara Kota Madinah merupakan satu-satunya pintu masuk pasukan Quraisy. Nabi segera mengajak seribuan orang untuk membuat parit.

Dalam Hadis Bukhari disebutkan, Rasulullah pun ikut turun menggali parit itu. Penggalian parit itu tak sepenuhnya lancar karena kekurangan makanan. Akan tetapi, dengan mukjizat yang diturunkan Allah, masalah itu teratasi.

Sahabat pun pernah mengadukan bagaimana sulitnya memecah batu saat penggalian parit raksasa itu. Rasulullah yang mendengar kesulitan itu segera berdoa. "Bismillah," ujar Nabi Muhammad.

Rasulullah menghantamkan palunya. Usai memukulkan palunya, dia kembali bertakbir seraya berdoa menaklukkan Syam. Pada pukulan kedua Nabi Muhammad kembali berdoa.

Dia pun mengiringinya dengan harapan menaklukkan Persia. Sedangkan pada pukulan ketiga, Rasulullah berharap dapat diberi kunci kerajaan Yaman.

Ada yang menyebut, pembangunan parit raksasa itu berlangsung selama lima hari. Tapi, catatan sejarah lain menyebut enam hari.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Parit Panjang

Parit raksasa di Masjid Sab'a, Madinah, Arab Saudi sejak zaman Rasulullah Nabi Muhammad SAW. (Dream)

General Supervisor Museum Al Dar, Suliman Mohammed Suliman, mengatakan parit yang dibangun umat Muslim itu sepanjang 12 kilometer.

"Lebarnya 4,5 meter dan kedalamannya 3,5 meter," kata Suliman.

Selama peperangan berlangsung, penduduk Madinah memanen kebun lebih awal. Sementara, perempuan dan anak-anak dievakuasi ke benteng Madinah.

Dalam buku Perjalanan Hidup Rasul yang Agung, Muhammad, karya Syekh Shafiyyurahman Al Mubarakfuri, selama proses perang pasukan Quraisy dan sekutunya hanya bisa menggerutu.

Mereka tak menyangka dengan pertahanan parit raksasa itu. Lokasi perang inilah yang membuat perang Ahzab dikenal juga dengan perang Khandaq. Dalam bahasa Arab, khandaq berarti 'yang telah digali'.

Peperangan dengan pasukan Quraisy itu berjalan sengit. Kondisi ini membuat Nabi Muhammad sempat menyesal karena terlampau sibuk dan lupa salat. Perang ini berlangsung pada Dzulqa'dan 5 Hijriah. Proses perang berlangsung selama 25 hari.

 

Masjid Sab'a

Parit raksasa di Masjid Sab'a, Madinah, Arab Saudi sejak zaman Rasulullah Nabi Muhammad SAW. (Dream)

Saat ini, di lokasi bekas lokasi peperangan Khandaq berdiri Masjid Sab'a yang berarti tujuh. Penyebutan ini karena sebelum adanya pemugaran oleh Kerajaan Arab Saudi, ada tujuh masjid yang menjadi penanda tenda Nabi Muhammad dan para sahabat.

Kini, masjid penanda itu hanya tersisa empat. Masjid Fath yang utama konon didirikan untuk menandai kemah Rasulullah. Beberapa meter dari Masjid Fath berdiri Masjid Salman Al Farisi, Masjid Umar bin Khatab, dan Masjid Ali bin Abu Thalib. Sementara Masjid Abu Bakar dihancurkan pada 1428 Hijriah atau 2008 lalu.

Diantara bangunan itu, terdapat pula bangunan menyerupai masjid yang terletak di atas bukit, bersampingan dengan Gunung Sal'a. Konon, di lokasi yang kini terkunci itulah, Nabi Muhammad berdoa untuk kemenangan umat Islam.

Meski muncul beragam versi, Abdul Mukmin, seorang sukarelawan dari Nigeria yang ditugasi Kerajaan Saudi memberikan penjelasan berbahasa Inggris menceritakan sejarah tandingannya.

"Pos-pos ini hanya bangunan dari masa saat Madinah dikuasai Turki Utsmani. Mana mungkin ada masjid sebegini dekat dengan Masjid Nabawi di zaman Rasulullah!?," jelas Suliman.

 

Laporan jurnalis Dream, Maulana Kautsar, dari Madinah

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Theresa May Desak Uni Eropa Pertimbangkan Rencana Baru Inggris untuk Brexit

Posted: 19 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri Theresa May mendesak para pemimpin Uni Eropa untuk memfokuskan diri pada upaya mendapatkan kesepakatan Brexit dalam dua bulan ke depan dan mengancam bahwa negosiasi terkait tidak akan diperpanjang.

Saat menghadiri sesi makan malam di Salzburg, Austria, PM May mengatakan kepada 27 rekannya bahwa prioritasnya saat ini adalah mempertahankan hubungan ekonomi, dan memastikan janji-janji untuk Irlandia Utara dipertahankan.

Dikutip dari BBC pada Kamis (20/9/2018), muncul perkiraan bahwa Inggris akan mengajukan ide-ide baru untuk pemeriksaan regulasi dalam mengatasi kebuntuan Irlandia saat ini.

Prediksi itu datang ketika PM May bersikeras ingin Uni Eropa harus juga memikirkan kembali sikapnya di perbatasan selepas Brexit nanti.

Dalam pidato saat makan malam tersebut, PM May menekankan proposal "serius" untuk kerja sama masa depan antara Inggris dan Uni Eropa agar terus terjaga dengan baik.

Pertemuan informal para pemimpin Uni Eropa di Kota Salzburg itu adalah kesempatan pertama bagi PM May untuk membuat cetak biru Kesepakatan Checkers dari para pemimpin lainnya secara kolektif.

Negosiasi atas ketentuan keluarnya Inggris dan hubungan masa depan berada pada tahap kritis, dengan tarik ulur yang berlangsung sekitar enam bulan sebelum Inggris dijadwalkan resmi keluar pada 29 Maret 2019.

Usulan PM May agar Inggris mendaftar ke buku peraturan umum untuk perdagangan barang dan wilayah pabean gabungan tidak banyak mendapat dukungan dari banyak orang di partainya sendiri.

Oleh pengamat, hal itu diyakini akan mengikis kedaulatan Inggris serta dukungan publik dalam negeri terhadap hasil referendum Brexit, yang disampaikan pada 2016.

Di lain pihak, menurut juru bicara pemerintah senior, PM May mengatakan kepada rekan-rekannya bahwa Brexit adalah tantangan "rumit" yang unik, tetapi dapat diselesaikan tepat waktu.

PM May menegaskan tidak akan ada pertanyaan tentang Inggris yang berusaha memperpanjang negosiasi melampaui 29 Maret 2019, seperti yang diminta oleh Menteri Pertama Skotlandia Nicola Sturgeon, sehingga berisiko menunda momen keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Ditambahkan oleh PM May bahwa dia telah "mengajukan proposal yang serius dan bertanggung jawab pada kita semua (Inggris) untuk menyelesaikannya".

Tiga prioritasnya, katanya, melindungi Irlandia Utara bagi kedaulatan Inggris, menjaga hubungan perdagangan dengan Uni Eropa, dan mempertahankan hubungan keamanan yang erat dengan Uni Eropa untuk menghadapi ancaman umum.

 

Simak video pilihan  berikut: 

Sandungan Masalah Irlandia Utara

Kereta karnaval membawa karikatur yang menggambarkan Perdana Menteri Inggris, Theresa May melahirkan bayi Brexit-nya dalam parade karnaval Rose Monday di Duesseldorf, Jerman, Senin (12/2). (AP Photo/Martin Meissner)

Sementara itu di Irlandia Utara, ada dugaan bahwa Inggris akan mengajukan proposal baru dalam minggu-minggu mendatang, yang bertujuan membantu memecahkan kebuntuan dengan Uni Eropa.

Brussels, ibu kota Uni Eropa, telah mendesak Irlandia Utara untuk tetap selaras dengan aturannya, kecuali solusi lain dapat ditemukan untuk mencegah pemeriksaan fisik pada barang yang menyeberang dari dan ke Republik Irlandia.

Tanggapan lanjut tentang ancaman yang dtujukan kepada Inggris, kemungkinan besar akan mendapat jawaban, setidaknya pada hari Kamis ini, ketika perunding Uni Eropa Michel Barnier akan memberi pengarahan singkat kepada para pemimpin Eropa tentang situasi terkini pada krisis Brexit.

PM May akan bertemu dengan Perdana Menteri Irlandia Leo Varadkar dan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Sebelumnya pada Selasa 18 September, kanselir Austria Sebastian Kurz, yang menjadi tuan rumah acara tersebut, mengatakan bahwa kedua pihak perlu berkompromi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 : Tingkah Absurd Bocah Kekinian yang Bikin Gagal Paham

Posted: 19 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Masa bocah dan remaja memang menjadi momen tak terlupakan. Ada yang sangat polos sampai dengan melakukan tingkah nyeleneh. Memang kelakuan anak-anak kekinian mungkin sudah berubah dengan adanya teknologi.

Namun di samping itu, anak-anak tetaplah anak-anak. Masih ada tingkah polos dan absurd yang kerap kali mereka lakukan.

Artikel tentang 13 kelakuan anak-anak kekinian menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang enam momen dapat uang yang justru bikin nyesek. Sementara artikel tentang tempat wisata yang paling hits di bogor menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 13 Kelakuan Absurd Bocah Kekinian, Bikin Ngakak Sekaligus Ngelus Dada

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Kelakuan anak-anak zaman sekarang ini tentu berbeda dengan zaman dahulu. Kemajuan teknologi turut berpengaruh dengan kehidupan anak-anak sekarang. Tak jarang kalau mereka lebih sering disebut sebagai kids zaman now.

Walaupun ada yang masih bahagia sibuk bermian tanpa gadget, tapi sejumlah aksi absurd anak-anak zaman now yang dijamin bikin kita ngakak sampai bikin kita elus dada. 

Selengkapnya

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Dikira Untung, 6 Momen Saat Dapat Uang Ini Malah Bikin Nyesek

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Tak dapat dipungkiri kalau semua orang pasti ingin dapat uang. Memang memiliki banyak uang menjadi dambaan banyak orang. Tapi tidak selalu mendapat uang itu bisa menggembirakan.

Malahan ada yang menganggapnya seperti sebuah kesialan seperti beberapa orang ini. Dirangkum dari berbagai sumber, momen orang-orang dapat uang ini bukannya beruntung tapi justru bikin nyesek.

Selengkapnya..

3. Tempat Wisata di Bogor Paling Hits dan Instagramable 2018

Kirab Obor (Torch Relay) Asian Games 2018 akan melintasi Kota Bogor pada 14 Agustus mendatang. Momen ini menjadi istimewa bagi Kota Bogor dan sekitarnya untuk mempromosikan destinasi wisatanya.

Bogor kini menjadi salah satu tujuan wisata domestik bagi mereka yang penat dengan hiruk-pikuknya ibukota. Tak cuma kawasan Puncak saja yang ditawarkan, kini kota Hujan juga memiliki deretan tempat wisata di Bogor yang menarik perhatian dan sayang jika dilewatkan.

Apa saja tempat wisata di Bogor yang bisa Anda kunjungi saat liburan nanti? Berikut dereta tempat wisata di Bogor

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pura-pura Jadi Pembeli, Polisi Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 1,8 Miliar

Posted: 19 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Polisi menggagalkan peredaran uang palsu (upal) sebanyak Rp1,8 miliar di Bogor, Jawa Barat. Tiga pelaku yang ditangkap yakni, Muchtar (48) warga Karang Tengah Cianjur, Heri Suryana (49) warga Parakan Ciomas Kabupaten Bogor, dan Rahmat (49) warga Cibaregbeg Cianjur.

Satu pelaku lainnya yang berperan sebagai perantara berhasil kabur saat penggerebekan yang berlangsung di Puncak Resor Kecamatan Pacet, Cianjur, Rabu 19 September malam.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Ulung Sampurnajaya mengatakan, ketiga pelaku berhasil ditangkap setelah polisi mengendus adanya peredaran uang palsu.

Polisi kemudian melakukan penyamaran sebagai pembeli dan berkomunikasi via telpon dengan perantara. Saat itu, pelaku menawarkan pembelian 2:1 atau uang pecahan Rp 200 ribu palsu dibeli seharga Rp 100 ribu.

Salah satu pelaku sempat mentransfer sampel uang melalui rekening bank untuk meyakinkan konsumen bahwa uang palsu itu mirip dengan aslinya.

"Untuk meyakinkan calon pembeli, perantara memberi sampel uang untuk menunjukkan kalau uang palsu ini kualitasnya sangat bagus karena bisa lolos di bank," terang Ulung, Kamis (20/9/2018).

Kemudian kedua pihak bersepakat untuk melakukan transaksi di Pacet, Cianjur. Pada saat tiba di lokasi, polisi langsung menyergap mereka. Tiga pelaku ditangkap dan satu pelaku lainnya berhasil melarikan diri ke arah Cianjur.

"Dari penyergapan itu kami menemukan 18 gepok uang palsu pecahan Rp 100 ribu dan 1 lembar mata uang dolar yang belum dipotong-potong," kata Ulung.

Dari ketiganya, petugas mengamankan barang bukti uang palsu (upal) sebanyak Rp1,8 miliar dengan pecahan Rp100 ribu sebanyak 1800 lembar, satu lembar mata uang dollar AS sebanyak 300 lembar atau sebesar Rp 4,5 juta, satu unit kendaraan Honda Mobilio.

 

Telusuri Asal-Usul

Saat ini, ketiga pelaku masih menjalani pemeriksaan di kantor polisi guna pengembangan lebih lanjut.

"Kami masih menyelidiki kemana saja mereka pasarkan termasuk asal usul uang palsu tersebut," kata dia.

Mengenai uang tersebut diduga akan digunakan untuk money politik pada Pemilu nanti, Ulung mengatakan masih menyelidiki kemungkinan hal itu.

"Masih diselidiki. Namun dari keterangan para pelaku sudah beberapa kali mengedarkan uang itu," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cerita Puluhan Warga Mulyorejo Keracunan Usai Santap Soto Kecut

Posted: 19 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Sekitar 33 warga Mulyorejo RT 62 RW 16 Lowano, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta, menjadi korban keracunan makanan dan dilarikan ke RS Jogja.

Kapolsek Umbulharjo Kompol Alaal Prasetyo langsung mendatangi RS Jogja setelah mendapat informasi dari warga. Dugaan sementara warga yang keracunan setelah mengkonsumsi makanan soto dan bubur kacang ijo.

"Ada warga yang keracunan ya kita cek kan. Tidak ada korban kritis Hasil sementara itu makan soto sama kacang ijo. Kalo dari rasanya kecut dua duanya. Soto rasanya kecut burjonya rasanya pahit," katanya Rabu 19 September 2018.

Alaal mengatakan, makanan soto dan kacang ijo itu didapat dari kegiatan pemeriksaan anak dan lansia yang digelar Selasa (18/9) sore. Peserta mendapat bingkisan berupa makanan dari penyelenggara.

"Kemarin pagi, acaranya sore. Rata rata dibawa pulang. Ini masih ada korban lagi kita ga tau kan," katanya.

Menurut Alaal, dalam kegiatan itu, pemberi makanan atau yang masak makanan berdasarkan giliran kelompok. 

"Warga sendiri yang masak tapi kita belum tahu itu bumbu instan atau racikan sendiri kita belum dapat siapa yang masak," ujar dia.

Alaal melanjutkan, selama tidak ada laporan warga dalam keadaan kritis dan meninggal dunia kepolisian tidak akan mengusut kasus tersebut.

"Kami dari kepolisian hanya mengontrol. Semua terselamatkan ada warga yang merasa keberatan kami menunggu. Jika memang ada yang merasa keberatan kami menunggu. Saat ini belum ada laporan," katanya. 

Korban Demam

Suryani, warga RT 62 mengatakan ia dan anaknya Seril (3) datang ke acara Posyandu yang digelar warga. Makanan pemberian pun dibawa ke rumah.

"Awalnya ngga apa-apa, tapi paginya Seril mengalami demam sampai 40 derajat, muntah-muntah dan diare," katanya.

Melihat anaknya mengalami gejala seperti keracunan, Suryani langsung membawa anaknya ke Puskesmas terdekat. Suryani sendiri mengaku mengalami diare sejak mengkonsumsi makanan dari kegiatan Posyandu.

"Karena masih muntah-muntah terus, kami bawa ke RS Jogja," katanya.

Sementara itu, Plt Direktur RS Jogja sekaligus Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Jogja Agus Sudrajat mengatakan, hingga Rabu sore tercatat 33 warga datang ke rumah sakit tersebut.

"33 orang sampai saat ini kondisinya banyak membaik yang dirawat tinggal satu lainnya sudah pulang semoga yang dirawat cepat pulang," katanya.

Agus belum dapat menjelaskan secara detail terkait makanan yang menyebabkan warga Mulyorejo tersebut keracunan. Namun pihaknya melihat kondisinya karena keracunan apa masih perlu dilihat lebih lanjut.

"Teman teman lapangan baru turun di lapangan ini baru cari tahu penyebabnya apa. Apa karena soto atau bukan kita belum berani tapi tanda tandanya keracunan," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Cerita di Balik Nama Koalisi Jokowi dan Prabowo

Posted: 19 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kubu Jokowi dan Prabowo membentuk koalisi untuk Pilpres 2019 mendatang. Koalisi berisi partai pendukung ini dibentuk untuk memenangkan masing-masing pasangan yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga.

Kubu Jokowi-Ma'ruf Amin menamakan diri 'Koalisi Indonesia Kerja (KIK)'. Sementara kubu Prabowo-Sandiaga memilih nama 'Koalisi Indonesia Adil Makmur' di Pilpres 2019.

Koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin terdiri sembilan partai politik yaitu, PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PSI, Perindo dan PKPI.

Sementara koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga didukung oleh PAN, Gerindra, PKS dan Demokrat.

Kedua kubu mengungkap cerita di balik pemilihan nama koalisi itu. Berikut ceritanya:

1. KIK Identik Dengan Jokowi

Wakil Sekretaris Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Raja Juli Antoni mengatakan, nama tersebut dipilih karena kerja merupakan identik dengan karakter Jokowi selama memimpin.

"Dengan kerja, kerja, dan kerja, Pak Jokowi mengubah paradigma dan orientasi politik selama ini, politik yang hanya mengabdi kepada kekuasaan dan uang saja," katanya beberapa waktu lalu.

2. Mengabdi Kepada Rakyat

Pemilihan nama Koalisi Indonesia Kerja (KIK) disesuaikan dengan semangat Jokowi yang selalu mengedepankan kerja untuk rakyat. Selain itu nama tersebut juga konkret dan mudah dipahami oleh semua lapisan masyarakat.

"Politik Pak Jokowi adalah politik kerja, berkeringat dan berpeluh-peluh ikhlas mengabdi kepada rakyat," kata Wakil Sekretaris Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Raja Juli Antoni.

3. Ada Masalah Kesejahteraan

Parpol koalisi pengusung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sepakat menamakan koalisi mereka Indonesia Adil Makmur. Alasan dipilihnya nama ini karena kubu Prabowo-Sandi menilai ada permasalahan kesejahteraan yang dihadapi Indonesia.

"Jadi itu hasil pembahasan di tingkat sekjen. Tapi filosofinya adalah kita melihat sekarang ini persoalan utama kita adalah persoalan masalah kesejahteraan gitu. Dan karena itu kita mengambil nama koalisinya seperti itu, Indonesia Adil Makmur," kata Presiden PKS, Sohibul Iman usai rapat finalisasi tim kampanye, Selasa (18/9) malam.

4. Diambil dari Visi Misi Prabowo-Sandi

Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan nama koalisi Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019. Nama yang diputuskan adalah Koalisi Indonesia Adil Makmur. Muzani menjelaskan, nama ini diambil dari langkah kerja dan visi misi Prabowo-Sandiaga sebagai bakal Capres dan Cawapres di Pilpres 2019.

"Nama koalisi kami, adalah Koalisi Indonesia Adil Makmur. Dan Taglinenya adalah Adil Makmur bersama Prabowo dan Sandiaga," kata Muzani di Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018).

Terkait ketua tim sukses, Muzani memastikan nama Djoko Santoso sudah resmi. Kendati, untuk deklarasi urung dilakukan karena nama anggota tim keseluruhan belum selesai.

 

Reporter: Desi Aditia Ningrum

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Bawang Merah Anjlok, Ini Upaya Pemerintah Kendalikan Pasokan

Posted: 19 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Petani bawang merah di beberapa wilayah di Tanah Air tengah menghadapi situasi sulit. Hasil panennya dihargai murah.

Stok bawang merah berlebih lantaran petani melakukan penanaman bawang merah yang tidak disesuaikan dengan waktu pola tanam dengan petani lain. Akibatnya panen bawang terjadi bersamaan sehingga pasokan berlebih.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Bawang Merah Indonesia, Ikhwan Arif memprediksi penurunan harga akan berlanjut satu bulan ke depan. Menurut perkiraannya harga bawang merah di level petani bisa turun Rp 3 ribu sampai Rp 4 ribu per kg, dan turun Rp 10 rbu di tingkat grosir.

"Penurunan harga jual menyebabkan kerugian bagi petani sebesar Rp 5 ribu per kg. Sebab harga bawang di tingkat grosir seharusnya dipatok Rp 15 ribu per kg," ujar Arif dalam keterangannya, Kamis (20/9/2018).

Arif menambahkan, jenuhnya pasar akan bawang merah juga dipicu perdagangan sistem basah.

"Hasil panen langsung diangkut ke pasar. Petani tidak menahan barang. Sehingga harga menjadi jatuh," tambahnya.

Pemeritah melaui Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, telah menyiapkan sepuluh skenario pengamanan stabilisasi pasokan bawang merah. Dirjend Hortikultura Kementan, Suwandi menjelaskan sepuluh langkah itu adalah:

Pertama, menyeimbangkan pasokan dengan ekstensifikasi kawasan di luar Jawa.

Kedua, mengintensifkan teknologi pada sentra di Jawa.

Ketiga, peningkatan kapasitas petani di luar Jawa.

Keempat, penggunaan benih biji untuk bawang merah (TSS) sehingga menghemat biaya hingga 65 persen.

Kelima, penajaman manajemen dengan petani champion.

Keenam mengatur pola tanam bawang merah antar waktu dan antar wilayah.

Ketujuh, pembentukan pasar lelang hortikultura menjaga stabilitas harga dan transparansi di farmgate, one regio one price, cash and carry serta memotong rantai pasok.

Kedelapan, hilirisasi produk menjadi olahan skala rumah tangga dan bermitra industri.

Kesembilan, teknologi penyimpanan sehingga lebih awet dan tahan lama.

"Dan kesepuluh perluasan ekspor bawang merah naik minimal dua kali lipat dibanding tahun lalu," jelas Suwandi.

 

Perluasan Ekspor

Pekerja membawa bawang merah di Gudang Bulog, Jakarta, Senin (16/5). Sebanyak 23.000 ton bawang merah disiapkan Kementerian Pertanian menjelang bulan puasa dan lebaran. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mengenai perluasan ekspor, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan Kementan mendorong pemanfaatan kelebihan pasokan bawang merah yang terjadi saat ini untuk ekspor.

Direktur Jenderal Hortikultura sudah mengajak dua eksportir untuk menyerap bawnag merah super philip di Bima, Sumbawa, Probolinggo, Malang, dan lain-lain untuk di ekspor.

"Tapi sesuai dengan standar agar kita bisa ekspor. Itu kami kerja sama dengan Bu (Menteri BUMN ) Rini (Soemarno) bahwa kita memberikan standar seperti harga jagung supaya jangan mereka merugi," lanjut Amran.

Beberapa waktu belakangan ini harga bawang merah memang terus merosot. Di Sumatera Barat, khususnya di Desa Alahan Panjang kecamatan Lembah Gumanti Kab. Solok harga bawang merah merosot sejak satu bulan yang lalu. Saat ini harga bawang merah menyentuh angka Rp 7000 - Rp 8000 per kilogram.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan Harap Wagub DKI Tak Jadikan Jakarta Ladang Politik

Posted: 19 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan kriteria Wakil Gubernur yang diinginkannya. Anies menyebut siapa pun yang akan menduduki kursi DKI 2 harus pekerja keras dan fokus mengurus Jakarta.

"Yang penting di Jakarta harus mau kerja keras, harus kerja tuntas dan siap untuk all out tidak memikirkan lain-lain. Fokus konsentrasi di sini," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Anies juga berharap wakilnya nanti tidak menjadikan Jakarta sebagai ladang politik. "Jakarta tidak dipandang sebagai sekedar arena politik karena ini disorot banyak, tapi dipandang sebagai tempat bekerja membuat perubahan di Jakarta," ucap Anies.

Selain itu, mantan Mendikbud itu berharap adanya kesamaan visi dengan calon wagub. "Punya visi yang sama, apa visinya? membuka kesetaraan kesemepatan bagi semua di Jakarta, tentang keadilan sosial di Jakarta. Berpihak pada siapa? Pada orang banyak dengan prinsip keadilan," ujarnya.

"Kriteria umum seperti itu yang saya harapkan, mudah mudahan ini jadi pertimbangan parpol," Anies Baswedan memungkasi.

Kader PKS

Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid mengaku partainya bersama koalisi masih memproses Wakil Gubernur DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno. Ia yakin kader PKS akan dipercaya menjadi pendamping Anies Baswedan menjadi orang nomor dua di Ibu Kota.

"Masih dalam proses. Insyaallah kami masih percaya dengan komitmen yang telah diberikan oleh Pak Prabowo dan saya yakin kalau Pak Prabowo memutuskan, kader Gerindra juga akan menerima dengan sebaik-baiknya untuk kemaslahatan semuanya. Masak Gerindra mau ngambil semuanya," kata Hidayat di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Hidayat berpendapat Gerindra akan menghormati koalisi yang selama ini dibangun dengan PKS. Salah satunya, dengan mempercayakan kader PKS mendampingi Anies di Ibukota.

"Tentu maksudnya bukan masuk semuanya. Tapi dalam politik itu kan mengenal fatsun. Fatsun, komitmen kebersamaan yang selama ini kita bangun," ucap Hidayat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: