Rabu, 26 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Kebutuhan Investasi Pariwisata Dipetakan di Rakornas Pariwisata III-2018

Posted: 26 Sep 2018 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III Tahun 2018 di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (26/9), benar-benar menarik. Semua kebutuhan Investasi Pariwisata dipetakan dalam kegiatan ini. Rakornas diikuti 600 peserta. Mereka berasal dari unsur akademisi, pelaku usaha, pemerintah, komunitas dan media (Pentahelix).

Dalam sambutannya, Menpar Arief Yahya memaparkan "Accelerate Investment and Financing for Tourism Sector". Isinya terkait kondisi pariwisata dan peluang-peluang mendatangkan investasi.

"Sampai tahun 2019, sektor pariwisata membutuhkan investasi dan pembiayaan sebesar Rp 500 triliun. Besarnya kebutuhan investasi dan pembiayaan di sektor pariwisata ini kita coba petakan dan bahas dalam Rakornas Pariwisata III/2018," kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya menjelaskan, pariwisata ditetapkan sebagai sektor andalan dalam menghasilkan devisa. Tahun 2019 menargetkan devisa US$ 20 miliar. Dengan target kunjungan 20 juta wisman dan pergerakan 275 juta wisnus. Pariwisata juga sebagai pilihan dalam menstabilkan defisit pada neraca perdagangan Indonesia.

"Dalam empat tahun terakhir, pariwisata menghasilkan balance payment yang positif. Selalu surplus antara devisa yang diperoleh dari kunjungan wisman dengan uang yang dibelanjakan oleh wisatawan nasional yang berwisata ke luar negeri," ujar Menpar Arief Yahya.

Berdasarkan catatan Kemenpar, periode Januari-Juli 2018, sektor pariwisata telah menyumbang devisa sebesar USD 9 juta. Sedangkan bulan Juli 2018 menyumbang devisa sebesar USD 1,5 juta. 

"Kalau kita bisa mempertahankan USD 1,5 juta sampai enam bulan ke depan, maka totalnya menjadi USD 16,5 juta. Target kita di 2018 sebesar USD 17 juta, artinya masih kurang USD 500 ribu. Oleh karena itu, kita jangan sampai ngantuk. Kita kejar kekurangan tersebut agar tahun 2018 pariwisata akan menjadi sektor terbesar yang menghasilkan devisa dan menjadi yang terbaik," paparnya.

Untuk mendukung target 20 juta wisman, lanjutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 10 destinasi pariwisata prioritas sebagai 'Bali Baru'. Empat di antaranya menjadi super prioritas. Antara lain Danau Toba, Mandalika, Borobudur dan Labuan Bajo.

Menurutnya, selama periode 2019-2024, dibutuhkan banyak sekali investasi sektor pariwisata. Seperti 120.000 hotel rooms, 15.000 restoran, 100 taman rekreasi, 100 operator diving, 100 marina, dan 100 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

"Semuanya butuh melibatkan peran serta dunia usaha. Begitu juga program pembangunan 100.000 homestay, butuh melibatkan UKM pariwisata," tambah Menteri yang berhasil membawa Kemenpar No 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinistryofTourism2018 se Asia Pacific di Bangkok.

Menpar Arief Yahya menambahkan, saat ini ada tiga isu kebutuhan pembiayaan yang diperlukan. Yakni kebutuhan pembiayaan untuk membangun 10 destinasi pariwisata prioritas (DPP), kebutuhan pembiayaan usaha Homestay (2018-2019), dan kebutuhan pembiayaan Usaha UMK Pariwisata (KUR Khusus Pariwisata).

"Untuk homestay membutuhkan investasi Rp 2 triliun. Usaha UMK Pariwisata Rp 25 triliun. Tahun ini jumlah pelaku usaha mikro dan kecil di sektor pariwisata sebanyak 6,7 juta pelaku usaha," ujarnya. 

Rakornas juga mendatangkan pembicara dari berbagai lembaga. Seperti Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Laksda TNI (Purn) Agus Purwoto, Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM Wisnu Wijaya Soedibjo, Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring.

Hadir juga Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia Reza Anglingkusuma, dan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Hadi Sucahyono.

Rakornas III Pariwisata ini juga membahas dan me-launching program universal traveller protection. Sebuah program perlindungan bagi wisman dan wisnus yang melakukan perjalanan di Indonesia. Asuransi perjalanan yang diperkirakan dapat meng-cover sampai Rp 320 triliun sampai tahun 2024 mendatang. 

Di kesempatan ini, juga dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dengan sejumlah kementeriàn. Antara lain Menteri Pariwisata dengan Menteri Keuangan, Menteri Koperasi dan UKM, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, dan Lembaga Pembiayaan Pemerintah serta launching Universal Traveller Protection.

Menpar berharap, rakornas ini dapat dijadikan sebagai momentum oleh pelaku usaha pariwisata. Mereka bisa mendapatkan alternatif pembiayaan dalam pengembangan usahanya.

"Alternatif pembiayaan dimaksud berupa pembiayaan melalui lembaga pembiayaan pemerintah seperti LPEI, PT SMI, PT SMF, PT PII, PINA, dan LPDB. Juga melalui pembiayaan swasta seperti Industri Keuangan Bank, Industri Keuangan Non Bank, dan Pasar Modal," pungkas Menpar Arief Yahya.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Produksi Minyak Lapangan Handil Meningkat 1.057 BOPD

Posted: 26 Sep 2018 09:46 PM PDT

Liputan6.com, Balikpapan Lapangan Handil sebagai bagian dari Wilayah Kerja (WK) Mahakam yang sejak 1 Januari 2018 dikelola oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan dukungan SKK Migas, berhasil menambah produksi minyaknya sebesar 1.057 barel minyak per hari (BOPD). Handil juga menambah produksi gas sebesar 2,6 MMscfd, dari sumur H-L-174 yang mulai berproduksi pada 21 September 2018.

"Penambahan produksi di Lapangan Handil yang telah mature ini tercapai berkat upaya optimisasi oleh PHM selaku operator," kata Sunaryanto, Executive Vice President, yang mengepalai kegiatan operasi di WK Mahakam, Rabu (26/9/2018) di Balikpapan.

Sunaryanto menambahkan angka produksi dari sumur baru ini jauh lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 598 BOPD. Pengeboran sumur ini menggunakan Rig Yani yang memang didesain untuk dioperasikan di kawasan delta.

Dengan demikian, produksi dari sumur H-L-174, bersama-sama beberapa sumur baru lainnya, memberikan kontribusi positif untuk menaikkan produksi minyak Lapangan Handil hingga mencapai 18.207 BOPD dan produksi gasnya 11,5 MMscfd, yang dicapai pada 23 September lalu.

Handil adalah salah satu lapangan minyak di WK Mahakam, dan telah berproduksi sejak Juli 1975. Di lapangan ini terdapat 107 sumur hidrokarbon aktif, 4 sumur water producer, dan 13 sumur water injector.

Pada awal produksi minyak dan gas di Lapangan Handil, semua berlangsung secara alamiah (natural flow) tanpa alat bantu. Namun, seiring dengan usianya yang semakin tua, tekanan reservoir pun melemah. Sehingga untuk mempertahankan produksi minyak dan gas, sebagian besar sumur tua di lapangan ini harus dibantu menggunakan teknologi injeksi air (sejak 1978) dan injeksi gas (sejak 1995) ke dalam reservoir, dan pengangkatan buatan (artificial lift) dengan menggunakan gas lift dan electrical submersible pump.

Luas Lapangan Handil sekitar 40 km2 dengan cadangan minyak terletak di zona utama yang berada pada kedalaman antara 1.500 - 2.700 meter di bawah permukaan tanah. Produksi kumulatifnya selama lebih 40 tahun mencapai lebih dari 900 juta barel (termasuk kondensat) dan lebih dari 1,879 Tcf gas alam. 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sontek Singapura, Indonesia Diminta Perkuat Sektor Jasa

Posted: 26 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kepala Lembaga Penelitian, Pengembangan dan Pengkajian Ekonomi (LP3E), Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Didik J Rachbini menyebut struktur perekonomian Indonesia saat ini cukup berat. Apalagi ditambah tren defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD) pada kuartal II-2018 yang mencapai 3 persen.

Didik mengatakan, untuk menambal defisit CAD maka selain perlu mendorong ekspor Indonesia juga harus mendongkrak sektor jasa. Indonesia dalam hal ini, dapat belajar banyak dari negara kecil seperti Singapura.

"Singapura tidak punya apa-apa tapi mereka punya sektor jasa yang besar," kata Didik dalam diskusi yang digelar di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Didik menilai, Singapura pada dasarnya tidak memiliki sektor industri yang kuat seperti Jepang. Namun perekonomian negara ini masih cukup kuat dibandingkan Indonesia dikarenakan sektor jasanya yang cukup besar.

"Singapura tidak punya industri. Singapura tidak pernah dan punya industri kuat kayak Jepang tapi mata uang mereka kuat terus. Sekarang 1 dolar Singapura Rp 11.000," kata Didik.

"Tidak bisa negara besar seperti Indonesia seperti Singapura, tapi bisa meniru jasanya seperti Singapura," tambah dia.

Oleh karena itu, pemerintah mesti terus membuka peluang-peluang baru. Salah satunya adalah fokus melakukan ekspor jasa. Di mana sektor-sektor jasa yang dapat ditingkatkan ekspornya adalah pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan profesional.Attachments area

Stabilitas Sektor Jasa Keuangan Terjaga pada September

OJK. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rapat Dewan Komisioner (RDK) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai stabilitas sektor jasa keuangan masih dalam kondisi terjaga.

Hal ini terjadi di tengah kondisi likuiditas di pasar keuangan Indonesia yang masih mengalami volatilitas. Ini akibat berlanjutnya ketidakpastian di pasar keuangan global.

Dalam beberapa waktu terakhir, kondisi pasar keuangan global masih mengalami ketidakpastian dipengaruhi oleh berlanjutnya isu perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Selain itu, normalisasi kebijakan moneter AS dan Eropa. Ketidakpastian ini telah meningkatkan tekanan di pasar keuangan emerging markets, khususnya di negara-negara yang mengalami ketidakseimbangan eksternal. Demikian mengutip dari keterangan tertulis, Kamis (27/9/2018).

OJK mendukung penuh upaya pemerintah dalam mengurangi dampak adanya tekanan pasar keuangan global terhadap perekonomian domestik, antara lain penjadwalan ulang proyek infrastruktur non-strategis dengan konten impor tinggi, penggunaan biosolar (B20), dan peningkatan tariff PPh impor produk konsumsi.

Di tengah dinamika di pasar keuangan global, pasar modal domestik per September 2018 terpantau masih relatif stabil. Per 21 September 2018, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencatat pelemahan tipis sebesar 1,0 persen secara mtd  dengan investor non residen mencatatkan net sell sebesar Rp 2,5 triliun.

Secara year to date (ytd), IHSG terkoreksi sebesar 6,3 persen dengan investor nonresiden mencatatkan net sell sebesar Rp 52,7 triliun.

Di pasar Surat Berharga Negara (SBN), yield tenor jangka pendek, menengah, dan panjang kembali meningkat masing-masing sebesar 82 bps, 22 bps, dan 42 bpsmtd.Peningkatan yield ini terjadi seiring dengan dinamika eksternal yang masih meningkat. Sampai dengan 21 September 2018, investor nonresiden masih mencatat aksi beli sebesar Rp 4,4 triliun.

Sementara  itu, kinerja intermediasi sektor jasa keuangan pada Agustus 2018 secara umum masih bergerak positif. Kredit perbankan dan piutang pembiayaan masing-masing tumbuh sebesar 12,12 persen yoy dan 5,82 persen yoy, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya (11,34 persen dan 5,53 persen).

Dari sisi penghimpunan dana, Dana Pihak Ketiga (DPK) perbankan tumbuh sebesar 6,88 persen yoy.Premi asuransi jiwa dan asuransi umum/reasuransi per Agustus 2018 masing-masing mencatat sebesar Rp 114,8 triliun dan Rp 49,3 triliun.

Sementara di pasar modal, pada periode Januari sampai dengan 21 September 2018, penghimpunan dana oleh korporasi telah mencapai Rp 130 triliun, dengan emiten baru sebesar 39 perusahaan. Total dana kelolaan investasi sebesar Rp 740,69 triliun, meningkat 7,58 persen dibandingkan akhir tahun 2017.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Momen Tersulit David Maulana Jadi Kapten Timnas Indonesia U-16

Posted: 26 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Masih berusia 16 tahun tentu tak mudah bagi seorang David Maulana mengemban tugas sebagai kapten Timnas Indonesia U-16, yang saat ini tampil di Piala AFC U-16.

Mengemban tugas sebagai seorang kapten Garuda Asia, julukan Timnas Indonesia U-16, membuat tugas David Maulana menjadi dua kali lebih berat dibandingkan rekan setimnya.

Selain memikirkan pertandingan, dia juga harus memompa semangat rekan-rekannya saat Timnas Indonesia U-16 sedang tertinggal. Dia juga harus mengendalikan emosi untuk meredakan gesekan-gesekan yang terjadi sepanjang pertandingan.

"Kalau sudah begitu, tugas saya sebagai kapten menjadi sulit. Namun biasanya, dengan komunikasi, kerja keras dan kekompakan kami bisa bangkit," ujar David di Kuala Lumpur, Malaysia, dikutip dari Antara.

Pemain asal Sei Rotan, Deli Serdang, Sumatera Utara tersebut diharapkan oleh pelatih Fakhri Husaini menjadi sosok terakhir di tim yang mengeluarkan emosinya saat situasi sedang tidak menguntungkan.

"Saya tidak mungkin diam saja ketika melihat teman saya, katakanlah, dipukul. Pasti saya akan membela, tetapi dengan cara yang benar. Saya tak ingin teman-teman terpancing emosinya. Harus tetap tenang," ujar pemain tengah Timnas Indonesia U-16 itu.

Tugas Berat Menanti

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan kemenangan atas Iran pada laga Grup C Piala AFC U-16. (PSSI)

Berikutnya, David Maulana kembali mengemban tugas berat. Dia harus memimpin rekan-rekannya menghadapi India di laga terakhir Grup C Piala U-16 Asia 2018. Dalam laga ini, Garuda Asia hanya membutuhkan hasil seri untuk lolos ke perempatfinal.

Jebolan PPLP Medan ini menganggap India tim bagus dengan pemain-pemain cepat, tetapi dia yakin skuatnya bisa memenangkan pertandingan.

"Saya optimistis kami bisa menang besok. Namun, kami tidak boleh terlampau percaya diri, harus tetap fokus," kata penggemar pemain terbaik FIFA tahun 2018, Luca Modric ini.

Laga Indonesia kontra India sendiri digelar Kamis (27/9) mulai pukul 20.45 waktu Malaysia di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

 

Posisi Timnas Indonesia U-16

Saat ini di Grup C, Indonesia berada di puncak klasemen sementara dengan empat poin dari dua pertandingan. Di posisi kedua India menyusul dengan poin yang sama tetapi kalah selisih gol.

Adapun di peringkat ketiga dan keempat bertengger masing-masing Vietnam dan Iran yang baru mengoleksi satu poin hasil dari dua laga. (Ant)

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Andre Silva Dua Gol, Sevilla Bantai Real Madrid 3-0

Posted: 26 Sep 2018 09:45 PM PDT

Pemain Sevilla, Franco Vazquez membawa bola dari kawalan bek Real Madrid Nacho saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9).  Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Pemain Sevilla, Franco Vazquez membawa bola dari kawalan bek Real Madrid Nacho saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9). Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Striker Real Madrid, Karim Benzema menggiring bola dari kawalan pemain Sevilla Franco Vazquez saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9).  Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Striker Real Madrid, Karim Benzema menggiring bola dari kawalan pemain Sevilla Franco Vazquez saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9). Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Pemain Sevilla, Wissam Ben Yedder (kedua kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9). Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AFP Photo/Cristina Quicler)

Pemain Sevilla, Wissam Ben Yedder (kedua kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9). Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AFP Photo/Cristina Quicler)

Gelandang Real Madrid, Marco Asensio berebut bola dengan gelandang Sevilla Pablo Sarabia saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9).  Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AFP Photo/Cristina Quicler)

Gelandang Real Madrid, Marco Asensio berebut bola dengan gelandang Sevilla Pablo Sarabia saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9). Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AFP Photo/Cristina Quicler)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Sevilla Sergi Gomez saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9).  Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AP Photo/Miguel Morenatti)

Gelandang Real Madrid, Gareth Bale berusaha mengontrol bola dari kawalan pemain Sevilla Sergi Gomez saat bertanding pada lanjutan La Liga Spanyol di stadion Sanchez Pizjuan (26/9). Sevilla menang telak 3-0 atas Madrid. (AP Photo/Miguel Morenatti)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Alasan Pelatih Barcelona Cadangkan Luis Suarez

Posted: 26 Sep 2018 09:41 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, mengungkap alasan mengapa dirinya mencadangkan Luis Suarez dan Jordi Alba pada laga melawan Legenes. Eks Pelatih Athletic Club tersebut mengaku punya rencana lain untuk kedua pemain tersebut.

Tanpa diperkuat oleh Suarez dan Alba, Barcelona harus memetik hasil buruk saat menjadi tamu bagi Leganes di Estadio Municipal de Butarque, Kamis (27/9) dinihari WIB. Barcelona untuk pertama kali pada musim 2018/19 harus kalah.

Sempat unggul cepat lewat gol Philippe Coutinho pada menit ke-12, Barca kalah dengan skor 2-1 dari Leganes. Dua gol beruntun pada menit 52 dan 53 yang dicetak Nabil El Zhar dan Oscar Rodriguez jadi penentu kekalahan Barca.

Meskipun kalah, Barcelona untuk sementara masih tetap berada di puncak klasemen La Liga hingga pekan keenam. Pasalnya, pada pekan yang sama, Real Madrid juga kalah dari Sevilla. Barca dan Madrid mengumpulkan 13 poin.

 

Cadangkan Suarez dan Alba

Leganes, sebelum berjumpa Barca, belum pernah di laga La Liga. Karena itu Valverde memilih untuk merotasi sejumlah pemain. Suarez dan Alba menjadi pemain utama yang kali ini harus duduk di bangku cadangan lebih dulu.

Sebagai gantinya, Valverde memainkan Munir El Hadadi di posisi Suarez dan Thomas Vermaelen di posisi Jordi Alba. Pada babak kedua, Valverde mengembalikan Suarez dan Alba ke lapangan tapi Barca tetap saja kalah.

"Untuk Suarez, saya punya rencana memainkannya pada pertandingan akhir pekan [lawan Athletic Bilbao]. Lalu dalam kasus Alba, itu karena dia sudah bermain pada semua pertandingan dan saya khawatir dia dapat masalah," ungkap Valverde.

Sementara itu, untuk kekalahan yang diterima anak asuhnya, Valverde mengaku tak punya alasan untuk menjelaskannya. Valverde hanya mengatakan jika Barca sejatinya sudah bermain bagus tapi tak mampu mencetak gol.

"Kami mengendalikan pertandingan tapi mereka tahu seperti apa cara membuat kami menderita dalam satu menit. Satu gol saja tidak cukup. Tapi, dalam sepakbola hal seperti ini biasa terjadi dan sulit dijelaskan," tandas Valverde

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Anies Baswedan: Tak Ada Rencana Bongkar Bangunan di Pulau Reklamasi

Posted: 26 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, Pemprov DKI tidak akan membongkar bangunan di pulau reklamasi yang sudah jadi. Seperti halnya di Pulau C,D,G dan N.

Dia menyatakan, pembongkaran akan berakibat pada kerusakan lingkungan.

"Tidak ada rencana pembongkaran. Bayangkan 310 hektare tanah dibongkar, tanahnya di kemanakan," kata Anies di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (27/9/2018).

Dia menjelaskan, pemanfaatan pulau reklamasi nantinya akan dikaji kembali berdasarkan rencana tata kota dan beberapa pengkajian.

Sebelumnya pun, Anies Baswedan menyebut pulau-pulau yang sudah jadi dapat digunakan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat.

"Wilayah yang sudah terlanjur jadi yang sudah selesai menjadi pulau akan ditata mengikuti ketentuan yang ada," kata Anies.

Karena hal itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan akan fokus dalam rencana zonasi wilayah pesisir dan pulau kecil.

Fokus Pemulihan Teluk Jakarta

Anies juga mengatakan pihaknya akan menitikberatkan pada pemulihan Teluk Jakarta dalam aspek air sungai, pelayanan air bersih, pengelolaan limbah dan antisipasi land subsidence.

"Kita akan siapkan Perda rencana wilayah rencana, zonasi wilayah dan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Nanti Perda itu sedang disusun," jelasnya.

Anies menghentikan proyek reklamasi untuk melaksanakan janji kampanyenya pada Pilkada DKI Jakarta 2017.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Rowling Terinspirasi Makhluk Mitologi Indonesia Saat Ciptakan Karakter Nagini

Posted: 26 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Sosok Nagini dalam kisah Harry Potter, yang selama ini misterius, terungkap sudah dalam trailer Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald yang dirilis Warner Bros pada Rabu (26/9/2018) kemarin.

Dalam video singkat ini, terungkap sosok asli Nagini. Bila sebelumnya ia digambarkan sebagai sosok buas dan misterius, ternyata aslinya ia adalah seorang wanita.

Dalam film ini, sosok Nagini diperankan oleh seorang aktris asal Korea Selatan, Claudia Kim. Ternyata, banyak penggemar yang protes atas terpilihnya Claudia Kim untuk memerankan Nagini. 

Salah satunya datang dari pemilik akun @J_A_Moulton, yang menyayangkan representasi seorang wanita Asia dalam jagat sihir yang menurut dia dilakukan dengan cara kurang baik. 

"Dengar Joanne (nama asli JK Rowling), kamu memang tidak menampilkan representasi yang cukup saat menulis bukunya. Tapi tiba-tiba membuat sosok Nagini diperankan oleh wanita Korea, menurutku itu sampah. Representasi yang ditambahkan belakangan sekadar untuk terlihat melek (atas kondisi sosial), bukan representasi yang bagus," tuturnya. 

Hal ini lantas dijawab oleh JK Rowling, dengan menyertakan inspirasi di balik tokoh Nagini, yang ternyata berasal dari hewan mitologi di Indonesia. 

Naga Indonesia

Sosok Nagini yang diperankan Claudia Kim di  Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (YouTube/ Warner Bros)

"Naga dikenal sebagai sesosok makhluk mirip ular yang berasal dari kisah mitos Indonesia, yang kemudian menjadi asal muasal nama 'Nagini'," tuturnya.

Ia bahkan menjelaskan lebih lanjut mengenai mitologi naga yang beredar di Tanah Air, berikut informasi mengenai Indonesia. "Naga sendiri sering kali digambarkan sebagai makhluk bersayap, memiliki tubuh setengah manusia, sampai setengah ular. Indonesia memiliki ratusan suku budaya, meliputi suku Jawa, Cina, dan Betawi," kata dia. 

 

Sosok Rapuh

Sosok Nagini yang diperankan Claudia Kim di  Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (Warner Bros)

Sebelumnya, Claudia Kim sempat menjelaskan sosok Nagini dalam Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald. Ia mengatakan akan ada sisi lain dari Nagini yang diungkap dalam film ini. 

"Di film ini, dia digambarkan sangat rapuh. Dia adalah seorang wanita yang ingin tetap hidup sebagai manusia. Aku rasa itu akan terasa kontras sekali dengan karakternya selama ini," ujar Claudia Kim, seperti dilansir dari Cinema Blend. (Dhefa Mauren Roos Mary/Kapanlagi.com)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Pastikan Produksi Jagung Nasional Surplus

Posted: 26 Sep 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan bahwa produksi jagung nasional 2018 surplus, dan bahkan telah melakukan ekspor ke Filipina dan Malaysia. Kelebihan produksi tersebut diperoleh setelah menghitung perkiraan produksi 2018 dikurangi dengan proyeksi kebutuhan jagung nasional. Hal tersebut sekaligus menepis anggapan bahwa pakan ternak yang naik belakangan ini diakibatkan oleh melesetnya data produksi.

Berdasarkan hitungan Direktoran Jenderal Tanaman Pangan (Ditjen TP) Kementan, produksi jagung dalam 5 tahun terakhir meningkat rata-rata 12,49 persen per tahun. Itu artinya, tahun 2018 produksi jagung diperkirakan mencapai 30 juta ton pipilan kering (PK). Hal ini juga didukung oleh data luas panen per tahun yang rata-rata meningkat 11,06 persen, dan produktivitas rata-rata meningkat 1,42 persen (ARAM I, BPS 2018).

Sementara dari sisi kebutuhan, berdasarkan data dari Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, kebutuhan jagung tahun ini diperkirakan sebesar 15, 5 juta ton PK, terdiri dari: pakan ternak sebesar 7,76 juta ton PK, peternak mandiri 2,52 juta ton PK, untuk benih 120 ribu ton PK, dan industri pangan 4,76 juta ton PK.

"Artinya kita masih surplus sebesar 12,98 juta ton PK, dan bahkan Indonesia telah ekspor jagung ke Philipina dan Malaysia sebanyak 372.990 ton," tegas Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Sumarjo Gatot Irianto meyakinkan.

Gatot juga menyatakan bahwa, secara umum produksi jagung nasional saat ini sangat baik. Di wilayah Indonesia Barat panen terjadi pada Januari-Maret, mencakup 37 persen dari produksi nasional. Sedang ke wilayah Indonesia Timur, panen cenderung mulai bulan April-Mei.

"Sentra produksi jagung tersebar yang di 10 Provinsi yakni, Jatim, Jateng, Sulsel, Lampung, Sumut, NTB Jabar, Gorontalo, Sulut, Sumbar total produksinya sudah mencapai 24,24 juta ton PK. Artinya 83,8 persen produksi jagung berada di provinsi sentra tersebut berjalan dengan baik," terang Gatot.

Gatot tak menampik bahwa pada pada musim-musim tertentu harga jagung bisa saja meningkat, tapi bukan berarti produksi dan pasokan jagung bermasalah. Ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi, seperti konsumen untuk jagung ini yang relatif berfokus pada lokasi tertentu saja seperti Medan, Banten, Jabar, Jateng, Surabaya, Sulsel, dan merata sepanjang tahun.

Terkait harga jagung untuk pakan ternak, Gatot menjelaskan bahwa bahwa kebutuhan jagung untuk pabrik pakan saat ini sebesar 50 persen dari total kebutuhan nasional sehingga sensitif terhadap gejolak. Kendalanya yang terjadi adalah karena beberapa pabrik pakan tidak berada di sentra produksi jagung, sehingga perlu dijembatani antara sentra produksi dengan pengguna agar logistiknya murah.

"Saat ini tercatat ada 93 pabrik pakan di Indonesia yang tersebar di Sumut 11 unit, Sumbar 1 unit, Lampung 5 unit, Banten 16, unit Jabar 11 unit, DKI Jakarta 6 unit, Jateng 12 unit, Jatim 21 unit, Kalbar 1 unit, Kalsel 2 unit, dan Sulsel 7 unit. Beberapa pabrik pakan di daerah seperti, Banten, DKI Jakarta, Kalbar dan Kalsel, tidak berada di sentra produksi jagung," kata Gatot.

Tahun 2018 Pemerintah bertekad memenuhi kebutuhan jagung sepenuhnya dari produksi dalam negeri tanpa impor jagung sama sekali. Untuk mencapai target tersebut, Kementan mengalokasikan bantuan benih jagung seluas 2,8 juta hektare yang tersebar di 33 Provinsi sesuai dengan potensi lahan, lokasi pabrik pakan, dan ekspor. Dampak dari kebijakan ini sudah dirasakan dengan adanya peningkatan produksi.

Selain bantuan benih, tahun 2018 ini Kementan juga telah menganggarkan pembangunan pengering jagung (dryer) sebanyak 1.000 unit untuk petani. Hal ini dilakukan karena sebagian besar petani jagung tidak memiliki alat pengering, sehingga menyebabkan timbulnya persoalan kualitas jagung yang dipanen pada musim hujan kurang baik dan cenderung basah.

"Pemerintah Propinsi juga didorong untuk berperan dengan membangun buffer storage yaitu menyerap surplus produksi pada waktu puncak panen ,dan menyimpannya untuk dilepas kembali pada waktu produksi menurun," jelas Gatot.

Gatot juga menerangkan bahwa persoalan lain yang juga perlu diselesaikan adalah menyederhanakan rantai pasok. Menurutnya, alur perdagangan jagung saat ini umumnya masih panjang dan menyebabkan harga cenderung tinggi. Jagung dari petani biasanya dijual ke pedagang pengumpul, dan selanjutnya dijual lagi ke pedagang besar. Dari pedagang besar ini, barulah dipasarkan ke industri.

Menurutnya, upaya Kementerian Perdagangan membangun sistem resi gudang di berbagai daerah belumlah berfungsi optimal, sehingga petani tetap terpaku pada sistem konvensional. Berdasarkan laporan laporan lapangan misalnya, gudang dan pengering untuk resi gudang yang tidak berfungsi optimal tersebut ada di Luwu Raya, Minahasa Selatan, Garut, dan Lampung.

"Seharusnya, ketika terjadi akumulasi panen pada suatu periode, program resi gudang dimaksimalkan agar nilai tambah dan risiko produsen serta konsumen dapat dimitigasi," pungkas Gatot.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sinergi BUMN, Akademisi, dan Swasta Bikin Industri Motor Listrik Gesits Kuat

Posted: 26 Sep 2018 09:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Proses perakitan motor listrik karya anak bangsa, Gesits sudah di depan mata. Bahkan, motor yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) ini sudah berhasil memproduksi prototipe yang siap dicetak massal.

Rencananya, prototipe dari Gesits ini bakal diluncurkan akhir November, dan mulai diproduksi awal Desember 2018. Hal tersebut, dilihat dari surat perkembangan motor listrik Gesits yang dikirim oleh PT Wika Manufaktur Industri (WMI) untuk Darmawan Prasodjo, Deputi I Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional, Kantor Staff Presiden (KSP).

Dalam surat tersebut dikatakan, pengembangan motor listrik Gesits yang diprakarsai oleh tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah berhasil melakukan prototipe riset Motor Listrik Gesits.

"Dengan kerja sama model triple helix yang dimediasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, maka Akademisi-Pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta swasta dapat membangun suatu industri yang kokoh," tulis pihak PT WMI dalam surat tersebut seperti yang diterima Liputan6.com, Kamis (27/9/2018).

Sementara itu, untuk pihak yang terlibat dalam proses industri diwakili oleh Akademisi: Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Sebelas Maret. Sedangkan dari pemerintahan atau BUMN, merupakan yang memiliki keahlian di bidangnya antara lain PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi, PT Pindad (Persero), PT Len Industri (Persero), PT Pertamina (Persero).

Sedangkan dari pihak swasta, diwakili PT. Gesits Technologies Indo (GTI) yang telah berhasil mengembangkan Sepeda Motor Listrik Gesits yang merupakan paduan antara moda transportasi, dan industri gawai yang akan didukung oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel).

Produksi Gesits

Sementara itu, untuk produksi Gesits bakal dilakukan oleh PT WMI. Perusahaan ini, merupakan hasil kerja sama antara PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi dan PT GTI.

Saat ini, perusahaan pencetak motor listrik Gesits ini telah menyelesaikan proses engineering activity, serta selanjutnya melakukan pembuatan mould, dies dan, tooling sebagai persiapan untuk produksi massal.

Untuk target produksi tahun ini, seperti dijelaskan Harun Sjech, Direktur Utama PT GTI, sekitar 2.000 sampai 4.000 unit. Dan untuk pemesanan online beberapa waktu lalu, juga masih valid, sekitar 4.000-an unit.

"Produksi tahun depan, target kita 50 ribu unit," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PT KAI Resmikan Klinik Mediska Cikampek

Posted: 26 Sep 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Salah satu bentuk pengabdian PT Kereta Api Indonesia (Persero) terhadap masyarakat tak hanya dalam pelayanan transportasi kereta api. PT KAI juga menaruh perhatian dalam bidang lain, salah satunya dalam bidang layanan kesehatan.

Layanan kesehatan tersebut tidak hanya difungsikan untuk karyawan internal, namun masyarakat umum di sekitar klinik juga dapat mengakses layanan tersebut.

Pengabdian terhadap masyarakat tersebut diwujudkan dengan pembangunan klinik yang berlokasi di Daerah Operasional 1 Jakarta, tepatnya di Cikampek, Karawang, Jawa Barat. Tepat pada Selasa, 25 September 2018, KAI meresmikan Klinik Mediska Cikampek.

Klinik ini memberikan pelayanan kesehatan meliputi poli umum, kesehatan ibu dan anak (KIA), farmasi, dan poli gigi dimana pasien dapat menggunakan BPJS (untuk umum) dan Jaminan Pelayanan Kesehatan Perusahaan (JPKP) bagi pegawai dan keluarganya.

Dalam kesempatan tersebut, KAI juga memberikan santunan kepada anak yatim sebanyak 20 anak di Masjid Al Munawaroh dan Yayasan Ulumuddin Assyahidiyah Desa Cikampek Kota sebanyak 17 anak. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membawa berkah dan manfaat.

"Harapan kami, Klinik Mediska PT KAI dapat memberikan pelayanan terhadap masyarakat secara maksimal, selain itu masyarakat sekitar Cikampek juga lebih dipermudah untuk mendapatkan fasilitas dan layanan kesehatan," ujar Direktur Utama KAI Edi Sukmoro.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tangkap Hiu di Perairan Aceh, Siap-Siap Kena Denda Rp 2 Miliar

Posted: 26 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Banda Aceh - Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Lampulo, Banda Aceh, menyatakan akan menertibkan penangkapan hiu. Pasalnya, hewan ini dibatasi penangkapannya oleh undang-undang di Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) 572 Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala PSDKP Lampulo, Banda Aceh, Basri, menjelaskan WPP 572 meliputi perairan Samudra Hindia sebelah Barat Sumatera dan Selat Sunda. Secara administrasi, WPP 572 di sebelah utara berbatasan dengan India. Kemudian, sebelah timur berbatasan dengan pantai barat Pulau Sumatera, sebelah selatan berbatasan dengan Australia, dan sebelah barat Sumatera Samudra Hindia.

"Wilayah pengawasan PSDKP Lampulo, Banda Aceh, tergolong luas dan secara umum WPP 572 di sebelah utara berbatasan dengan batas terluar Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia India dan di sebelah selatan berbatasan dengan batas terluar ZEE Indonesia Australia dan jika ditarik garis ke selatan menyusuri batas WPP 571 hingga perbatasan antara Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh," jelas Basri, dilansir Antara, Kamis (27/9/2018).

Lebih lanjut Basri menyatakan, tidak semua hiu dilarang oleh undang-undang dan tidak ada nelayan di kepulauan paling ujung barat Sumatera yang khusus memburu atau menangkap hiu.

"Hiu yang dilindungi undang-undang itu tertangkap secara tidak sengaja oleh nelayan pancing tuna atau nelayan lainnya. Ke depan kita akan terus ditertibkan penangkapan hiu yang dilindungi," katanya lagi.

Adapun hiu yang dilindungi undang-undang meliputi, hiu martil (Sphyrna leweni), hiu koboi (Carcharhinus longimanus), hiu gergaji (Pristis microdon), hiu paus (Rhyncodon typus), dan hiu monyet atau cucut pedang (Alopias pelagicus).

Hiu tersebut dilarang keras ditangkap atau diekspor sesuai dengan Peraturan Menteri Kelantan dan Perikanan Nomor 59/PERMEN-KP/2014. Keputuan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan Nomor 18/KEPMEN-KP/2013, dan Permen KP No 12/2012.

Pemerintan Republik Indonesia melarang keras pemburuan hiu dan ragam jenis mamalia lainnya juga dilindungi Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2019 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

Sebagaimana disebutkan pada pasal 85. "Setiap orang yang dengan sengaja memiliki, menguasai, membawa, dan atau menggunakan alat penangkap ikan dan atau alat bantu penangkapan ikan yang mengganggu dan merusak keberlanjutan sumber daya ikan di kapal penangkap ikan di wilayah perikanan NKRI sebagaimana dimaksud pasal 9 dipidana penjara paling lama 5 tahun dan didenda paling banyak Rp2 miliar".

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

British Council dan HSBC Dukung RI Kembangkan Kapasitas Lulusan SMK

Posted: 26 Sep 2018 09:31 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - British Council Indonesia Foundation dan PT Bank HSBC Indonesia mendukung upaya pemerintah dalam mempersiapkan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK yang siap kerja melalui program Work Ready yang diresmikan Selasa 26 September 2018.

Melalui pelatihan Core Skills, guru diberikan penguatan pemahaman dan kemampuan mengintegrasikan berbagai keterampilan seperti berpikir kritis dan pemecahan masalah; komunikasi dan kolaborasi; kreativitas dan imajinasi; kepemimpinan dan pengembangan diri; literasi digital; dan kewarganegaraan dalam proses belajar mengajar. Di samping itu, siswa akan mengembangkan keterampilan-keterampilan inti tersebut melalui rangkaian lokakarya dan proyek individu maupun kelompok.

"Melalui British Council Indonesia Foundation, kami berkomitmen untuk ikut serta mengembangkan potensi pendidikan Indonesia. Program Work Ready merupakan upaya nyata kami dalam mendukung pemerintah Indonesia untuk mencetak lulusan SMK yang siap kerja dan siap bersaing. Kami merasa bangga dapat bekerja sama kembali dengan PT Bank HSBC Indonesia karena didasari oleh cita – cita yang kami miliki bersama untuk menyiapkan generasi muda Indonesia yang lebih kompeten dan mampu bersaing di masyarakat global melalui program ini," kata Direktur British Council Indonesia, Paul Smith, di Jakarta, Rabu 26 September 2018, seperti dikutip dari rilis resmi yang dimuat Liputan6.com, Kamis (27/9/2018).

Sementara, Head of Corporate Sustainability PT Bank HSBC Indonesia Nuni Sutyoko mengatakan, "Salah satu pilar utama keberlanjutan di HSBC adalah pertimbangan sosial dalam membangun bisnis jangka panjang. Salah satu elemen utama dalam berkontribusi bagi perkembangan sosial adalah dengan membangun Keterampilan masa depan, atau yang kami sebut dengan Future Skills. Kami PUBLIC percaya hal ini adalah salah satu faktor utama dalam membangun aset suatu bangsa. Karenanya kami bekerja sama dengan British Council untuk memastikan kami turut berperan dalam memupuk SDM Indonesia yang cakap untuk saat ini dan di masa yang akan datang."

Dalam peluncuran program Work Ready, juga diadakan forum diskusi pendidikan bertajuk "Pembelajaran Keterampilan Inti dalam Kurikulum 2013 untuk Sekolah Menengah Kejuruan."

Forum ini diisi oleh panelis dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, British Council Indonesia Foundation, PT Bank HSBC Indonesia, serta para aktivis pendidikan, yang secara interaktif berdiskusi dengan parapeserta tentang berbagai tantangan yang dihadapi oleh SMK dalam mempersiapkan lulusan siap kerja dan bagaimana keterampilan inti yang ada dalam program Work Ready dapat membantu guru dan manajer sekolah meningkatkan daya saing peserta didik mereka yang sejalan dengan tujuan Kurikulum 2013.

Program Work Ready mendapat dukungan penuh dan arahan dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta untuk melibatkan sepuluh SMK mitra terpilih yang meliputi SMKN 13 Jakarta, SMKN 20 Jakarta, SMKN 24 Jakarta, SMKN 26 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, SMKN 36 Jakarta, SMKN 56Jakarta, SMKN 57 Jakarta, SMK Perguruan Cikini, dan SMK Islam PB Soedirman 2.

Total 20 manajer sekolah, 100 guru, dan 100 siswa dari kesepuluh sekolah tersebut akan berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan program, di luar dari pelatihan guru umum yang akan dilaksanakan untuk menjangkau setidaknya 300 guru SMK lainnya.

 

Simak video pilihan berikut:

Memberdayakan Bonus Demografi Indonesia

Sejumlah siswa SMK di Bandung mengikuti acara menggambar di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi (Huyogo Simbolon / Liputan6.com)

Prakarsa ini didasari oleh adanya pertumbuhan penduduk usia produktif (15 – 64 tahun) yang diprediksi akan mencapai puncaknya di tahun 2020 – 2035 yaitu di angka 70 persen (demographic bonus).

Bonus tersebut akan tercapai ketika diimbangi dengan pengembangan dan pengelolaan pendidikan di tingkat sekolah yang tepat, terlebih bagi satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memang diharapkan lulusannya akan langsung berpartisipasi dalam kehidupan industri.

Menurut hasil survey Employee Skills yang dilakukan oleh Bank Dunia pada tahun 2008, terdapat tiga kelemahan utama SMK yang dirasa oleh para pemberi kerja yakni rendahnya kualitas sarana pembelajaran (29,17 persen), proses belajar-mengajar yang belum optimal (23,33 persen), dan belum selarasnya keterampilan umum lulusan dengan kebutuhan yang ada di dunia kerja (13,06 persen).

Faktor inilah yang mendorong pemerintah untuk menjadikan revitalisasi SMK sebagai prioritas dan berbagai strategi telah diupayakan pemerintah untuk mendorong agar lulusan SMK bisa terserap oleh duniakerja yang semakin kompetitif.

Di samping kerja sama antara SMK dan dunia usaha dunia industri (DUDI), kompetensi guru dan kualitas lulusan merupakan dua revitalisasi penting yang turut digencarkan.

Kompetensi dan keterampilan merupakan tantangan yang tidak dapat dilepaskan dari faktor eksternal yang meliputi arus globalisasi, kemajuan teknologi informasi, dan lainnya.

Untuk dapat berpartisipasi secara aktif dalam menghadapi tantangan yang ada, lulusan SMK dituntut untuk memiliki kompetensi masa depan yang meliputi kemampuan berkomunikasi, kolaborasi, inovasi, hidup dalam masyarakat yang mengglobal, berpikir kritis, menjadi warga negara yang bertanggung jawab, dan toleran terhadap perbedaan.

Hal ini sesuai dengan hasil survei Bank Dunia yang menegaskan bahwa kompetensi dan keterampilan yang paling dibutuhkan di dunia kerja dari para pekerja muda di antaranya adalah keterampilan bekerja sama dalam tim (14,53 persen), keterampilan teknis (10,83 persen), dankomunikasi (10,54 persen).

Sedangkan, para pekerja muda tersebut mengidentifikasi tiga keterampilan yang mereka paling tidak kuasai yakni berbahasa Inggris (15,32 persen), penyelesaian masalah (10,98 persen), dan kepemimpinan (10,12 persen).

Secara formal, melalui konsep Kurikulum 2013 (K13), pemerintah telah melakukan upaya nyata untuk memenuhi kebutuhan siswa SMK dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia industri. K13 mengamanahkan proses mendidik yang tidak hanya berfokus pada hard skills tetapi juga soft skills.

Dalam implementasinya di kelas diperlukan kecakapan guru untuk mengintegrasikan keduanya melalu berbagai mata pelajaran yang diajarkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementerian Agama Buka Akses Formasi CPNS 2018 Mulai Besok

Posted: 26 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Plt Sekretaris Jenderal Kementeria Agama (Kemenag), M Nur Kholis Setiawan, ‎memastikan formasi CPNS 2018 Kementerian Agama sudah bisa diakses di Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN mulai 28 September 2018.

Kepastian ini disampaikan Nur Kholis merespons pertanyaan pelamar yang saat ini belum bisa mengakses formasi CPNS Kementerian Agama.

Menurut dia, Kemenag membuka 17.175 formasi CPNS. Jumlah ini adalah yang terbanyak di antara kementerian dan lembaga negara lainnya.

Rincian formasi itu sudah diumumkan Kemenag sejak 25 September 2018 dan dilakukan proses input. Hanya saja,  sebelum akses SSCN-nya dibuka, masih harus dilakukan proses verifikasi dan validasi bersama BKN.

"Besok, InsyaAllah sudah bisa diakses. Silahkan calon pendaftar  mempelajari dulu rincian yang sudah diumumkan Kemenag sebagai panduan dalam memilih formasi. Tim kami terus berkoordinasi dengan BKN untuk validasi dan verifikasi," ujar dia di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Nur Kholis menjelaskan, masa pendaftaran online CPNS dihitung sejak rincian formasi bisa diakses pada SSCN BKN. Sebab, Peraturan Pemerintah tentang seleksi CPNS 2018 hanya mengatur masa pendaftaran online selama 15 hari kalender.

"Jika formasi Kemenag bisa diakses pada SSCN BKN sejak 28 September,  maka masa pendaftaran akan berlangsung hingga 15 hari ke depannya, sampai 12 Oktober. Jadi, kesempatan pelamar untuk mendaftar tidak berkurang, tetap 15 hari kalender," kata dia.

Melalui proses verifikasi dan validasi yang cermat dan ketat sejak awal, M Nur Kholis berharap hal itu akan memudahkan proses selanjutnya dalam penerimaan CPNS Kemenag yang lebih transparan dan akuntabel. 

 

Baru 30 Persen yang Tersedia di Portal SCCN

Beberapa peserta tes CPNS serius melakukan simulasi sistem tes seleksi CPNS berbasis online di Jakarta, (20/8/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Sebelumnya, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menjelaskan belum semua instansi bisa dijadikan pilihan pelamar CPNS. Sampai kemarin, dari total 76 K/L dan 525 Pemda yang membuka lowongan, baru 30 persen yang tersedia di portal sscn.bkn.go.id.

"Sesuai data back office SSCN, instansi yang sudah go live, bisa dipilih teman teman pada 12.40 WIBada 224 instansi, terdiri 185 Pemda, 39 K/L, totalnya 224. Kalau kita bagi 601 itu 30% dari semua instansi yang membuka lowongan tahun ini," ungkap dia.‎

Menurut Ridwan, tidak ada kewajiban bagi instansi untuk menyerahkan formasi lowongan CPNS maksimal tanggal 26 September. Kata dia, ada tenggat waktu hingga 10 Oktober.

"Kapan selesainya diserahkan ke masing masing instansi. Time frame secepat-cepatnya 26 September, selambat-selambatnya 10 Oktober 2018," jelas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Piala AFC 2018: Timnas Indonesia U-16 Bidik Juara Grup

Posted: 26 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 berpeluang lolos ke babak perempat final Piala AFC U-16 2018 dengan hasil mengesankan. Jika bisa menghindari kekalahan saat bertemu India, mereka bakal tampil sebagai juara Grup C.

Timnas Indonesia U-16 akan meladeni tantangan India pada laga pamungkas Grup C Piala AFC U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018). Saat ini Timnas U-16 dalam posisi yang bagus di Grup C. Satu kemenangan dan satu hasil imbang membawa tim besutan Fakhri Husaini itu bertengger di puncak klasemen Grup C dengan raihan empat poin.

Sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 sukses menghajar Iran 2-0 dan bermain 1-1 melawan Vietnam. Otomatis, jika mampu menahan India pada laga pamungkas Grup C di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/9/2018), Amiruddin Bagus Kahfi dan kawan-kawan bakal keluar sebagai juara grup.

Namun, India juga bukan tim yang bisa diremehkan Timnas Indonesia U-16. Mereka mengoleksi empat poin setelah menang 1-0 atas Vietnam dan menahan Iran tanpa gol. Artinya, India memiliki pertahanan yang solid hingga tim seperti Vietnam dan Iran pun kewalahan.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-16 berpeluang menorehkan sejarah jika mampu lolos dari fase grup. Pasalnya, terakhir kali Indonesia lolos dari fase grup Piala AFC U-16 adalah edisi 1990.

 

Klasemen Grup C Piala AFC U-16

Nomor/Tim/Main/Menang/Imbang/Kalah/Selisih gol/Poin

1. Indonesia: 2 / 1 / 1 / 0 / +2 / 4

2. India: 2 / 1 / 1 / 0 / +1 / 4

3. Vietnam: 2 / 0 / 1 / 1 / -1 / 1

4. Iran: 2 / 0 / 1 / 1 / -2 / 1

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dengar Suara Ustaz Abdul Somad, Jenazah Kakak Syahrini Menangis

Posted: 26 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kesedihan mendalam tengah menyelimuti hati Syahrini dan keluarga besar. Sang kakak, Ridwan Zaelani meninggal dunia secara mendadak pada Selasa (25/9/2018) akibat kecelakaan di lokasi kerjanya.

Duka atas kepergian kakak Syahrini itu juga dirasakan Ustaz Abdul Somad. Sayangnya, lantaran sedang berada di luar kota, Ustaz Abdul Somad tidak dapat melayat di hari pemakaman mendiang Ridwan.

"Kami sedang berada di Palu, dapat kabar dari Bogor, salah seorang sahabat kami, sahabat dakwah, Bang Ridwan sudah lebih dulu mendahului kita," katanya seperti dalam video yang diunggah adik Syahrini, Aisyahrani, Kamis (27/9/2018).

Semasa hidup, kakak Syahrini itu adalah sosok yang sangat religius. Bersama Ustaz Abdul Somad, mendiang Ridwan kerap mengadakan pengajian dan santunan bersama anak yatim.

 

Menitikkan Air Mata

Berita duka, kakak laki-laki Syahrini meninggal dunia. (instagram/princessyahrini)

Ingat bagaimana dekatnya Ustaz Abdul Somad dengan almarhum, Syahrani lantas memperdengarkan video tersebut ke telinga sang kakak yang sudah terbujur kaku. Dan reaksi yang muncul dari jenazah Ridwan Zaelani cukup mencengangkan.

"TUAN GURU ADALAH SALAH SATU ULAMA PUJAAN ALMARHUM.. @ustadzabdulsomad stlah dapet video ini saya lgs dekatkan ke telinga jenazah kaka saya.. sontak almarhum meneteskan air mata padahal matanya sudah tertutup," cerita Syahrani.

 
 
 
View this post on Instagram

AMIIIIIIIINNNNNNNN😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭TUAN GURU ADALAH SALAH SATU ULAMA PUJAAN ALMARHUM.. @ustadzabdulsomad stlah dapet video ini saya lgs dekatkan ke telinga jenazah kaka saya.. sontak almarhum meneteskan air mata padahal matanya sudah tertutup😭😭😭😭😭😭😭😭 ya Allahh trimakasih tuan guruu mohon di maafkan kesalahan nya mohon di doa'kan smoga Allahh mengampuni sgala dosa nya ditrima smua amal ibadah nya,,crita sdikit saya mendengar dari para saksi di tempat kejadian musibah yg alm alami.. sesaat alm menghembuskan nafas trakhinya kalimat yg keluar dari mulut nya adalah kata kata tauhid (ASTAGFIRULLAHALADZIM DAN ALLAHUAKBAR) maka yakin lah alm khusnul khotimah Amiinn ya Allahh..😭❤️ aa...bekal aa sudah cukup hijrah mu sungguh luar biasa kita smua yakin ALLAH lebih sayang aa..pesam trakhir aa inshaAllah aku yg akan menjalan kan menjaga incess menjaga mamah istri aa dan anak2 aa.. love u aa ❤️😭❤️ @princessyahrini @rakhastevhira @rinarosdiana @ridwanzaelani77

A post shared by Aisyahrani (@syh55) on

Mengucap Takbir

Pemakaman kakak penyanyi Syahrini. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Ditemui usai pemakaman kakaknya, Syahrini mengatakan bahwa Ridwan Zaelani meninggal dengan sangat indah karena masih sempat mengucap nama Sang Maha Kuasa menjelang ajalnya.

"Sebelum magrib, menurut saksi di lokasi, kata-kata terakhir adalah 'astagfirullah allahuakbar', meninggal dengan indah. Rasul juga meninggal Selasa dan dikubur Rabu, persis sama kakak saya Ridwan, semoga husnul khotimah," jelas Syahrini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ratusan Guru Honorer Mengadukan Nasib ke Tuhan

Posted: 26 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ratusan guru honorer di kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar aksi damai dengan cara lain, yaitu berdoa bersama, di masjid.

Ber istiqosah bersama di masjid ini dilakukan oleh para guru honorer, untuk mengadukan nasibnya kepada tuhan. Dengan berdoa bersama di dalam masjid, para guru berharap agar tuhan menbukakan pintu hati para pejabat terkait, agar mengabulkan tuntutan para guru, agar di jadikan PNS.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tamago Gelar Turnamen Mobile Legends dengan Total Hadiah Rp 1,3 Miliar

Posted: 26 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aplikasi streaming gim terbesar di Asia Tenggara, Tamago, bakal menggelar turnamen Mobile Legends bertajuk Tamago 100 Legends.

Menariknya, turnamen gim mobile ini menawarkan total hadiah dengan jumlah yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar US$ 90 ribu atau setara dengan Rp 1,3 miliar.

Selain Indonesia, negara lain yang turut serta ikut berasal dari Vietnam, Malaysia, dan Singapura. 

Dalam keterangan resmi Tamago, turnamen Mobile Legends ini akan dimulai pada 1 Oktober 2018 dan akan berakhir pada 31 Oktober 2018.

Untuk bisa berpartisipasi, para pemain dari Indonesia harus masuk ke dalam 100 peringkat teratas di dalam Mobile Legends, dan tentunya menyiarkan permainan mereka via Tamago.

"Melalui siaran streaming, kami ingin memberikan lebih banyak cara kepada gamer untuk menghasilkan pendapatan selain memenangkan hadiah uang di turnamen," kata Yubin Ng, Kepala Tamago.

"Kami juga ingin mendorong para gamer untuk menjadi pembuat konten dan mengembangkan keahlian yang relevan seperti streaming dan casting. Kami berharap para pemain Indonesia akan menikmati dan mendapat manfaat dari kontes Tamago 100 Legends, " lanjutnya.

Total Hadiah

Suka main Mobile Legends? Yuk, cari tahu hero favorit dengan Google Assistant biar mainnya bisa lebih keren. (Foto: YouTube.com)

Pemain yang memenuhi semua persyaratan berhak memenangkan Rp 140 juta untuk juara 1, Rp 74 juta untuk juara ke-dua, lalu Rp 44 juta untuk juara ke-3, dan Rp 15 juta untuk juara ke-4 hingga 50, Rp 7 juta untuk peringkat 51 hingga 100. 

Gamer Indonesia akan bersaing dengan peserta lain dari seluruh Asia Tenggara untuk peringkat teratas di Mobile Legends.

 

Tata Cara

Tampilan Mobile Legends. Liputan6.com/ Yuslianson

Untuk berpartisipasi, pemain harus:

1. Mendaftar di situs web: discovery.tamago.live/events/100legends

2. Tambahkan "Tamago" di depan nama in-game mereka

3. Raih peringkat setinggi mungkin di leaderboard in-game

4. Siarkan permainan mereka di Tamago setidaknya selama 2 jam per hari (atau 60 jam selama durasi kontes)

5. Nikmati hadiah uang tunai berdasarkan peringkat masing-masing pemain di antara peserta lain dengan "Tamago" dalam nama in-game mereka di akhir periode kontes.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Disebut Mekeng Gila Sendiri, Setya Novanto: Biar Saja Nanti Kualat

Posted: 26 Sep 2018 09:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menanggapi santai umpatan mantan anggota Badan Anggaran DPR RI, Melchias Markus Mekeng. Hal itu merupakan reaksi Mekeng saat disebut namanya oleh Setya Novanto menerima uang korupsi proyek e-KTP.

Usai menjadi saksi pada sidang kasus penerimaan suap oleh Fayakhun Andriadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Setya Novanto tak mau ambil pusing pernyataan Mekeng.

"Biarkan saja nanti juga kualat sendiri," ujar Novanto, Rabu 26 September 2018.

Selain nama Mekeng, mantan Ketua DPR itu menyebut sejumlah anggota DPR lainnya juga turut menikmati bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun tersebut. Olly Dondokambey dan Tamsil Lindrung menjadi daftar nama legislatif yang disebut namanya oleh Setya Novanto.

Nama-nama tersebut sempat dia cocokkan dengan Muhammad Nazaruddin di sel tempatnya mendekam saat ini, Lapas Sukamiskin, Bandung. Menurut dia, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat itu tahu seluk-beluk penerimaan uang oleh ketiga nama itu.

Selama proyek e-KTP berlangsung baik Mekeng, Olly, dan Tamsil sejatinya tidak menjabat di Komisi II DPR. Uang diberikan kepada mereka demi melancarkan anggaran yang akhirnya diketok dengan nilai Rp 5,9 triliun multiyears contract.

Kata-Kata Mekeng

Politikus Partai Golkar, Melchias Markus Mekeng berada di ruang tunggu sebelum menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/9). Ketua Fraksi Golkar di DPR itu diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Terpidana kasus korupsi e-KTP sekaligus mantan Ketua DPR Setya Novanto atau Setnov kembali mengungkap beberapa nama beberapa anggota DPR di sidang lanjutan e-KTP, Selasa 19 September 2018.

Dalam sidang tersebut Setnov menyebut ada aliran dana sebesar USD 500.000 pada Ketua Fraksi Golkar Melchias Markus Mekeng.

Mendengar namanya kembali disebut, Mekeng langsung membantahnya. Dia meminta mantan Ketua Umum Partai Golkar itu untuk membuktikannya.

"Kalau dia bilang serahkan, kapan diserahkan, di mana diserahkan, bentuknya gimana, harus dia buktikan kan hukum," kata Mekeng di Kompleks Parlemen, Senyan, Jakarta, Kamis (20/9).

Mekeng juga enggan ambil pusing dengan ucapan Setnov. Baginya, apa yang dikatakan Novanto hanya pepesan kosong.

"Yang kita harus curiga dia harus membayar 7,3 juta dolar, kan. Keputusan itu. Dia terima itu. Kenapa jadi dibuang ke orang lain?" ungkapnya.

"Nanti lama-lama dia gila sendiri nyebut-nyebut enggak ada ini. Kan, gitu. Jadi, dia boleh sebut seribu kali kalau enggak ada bukti, kan, ya itu pepesan kosong," ujarnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelatih Juventus: Ronaldo dan Dybala Cocok Main Bareng

Posted: 26 Sep 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Turin - Pelatih Juventus, Masimilliano Allegri, puas dengan penampilan anak asuhnya di laga melawan Bologna, Kamis (27/9) dini hari WIB. Secara khusus, Allegri juga memuji duet Cristiano Ronaldo dan Paulo Dybala di lini depan.

Ronaldo memang tidak mencetak gol pada laga tersebut, tapi kapten timnas Portugal itu memberi satu asisst untuk gol yang dicetak Blaise Matuidi. Sementara itu, Paulo Dybala sukses mencetak satu gol, Juventus menang dengan skor 2-0.

Kemenangan tersebut memantapkan posisi Juventus di puncak klasemen hingga giornata keenam dengan 18 poin, alias sapu bersih semua laga. Juventus unggul tiga poin dari Napoli yang berada di posisi kedua klasemen.

Selain menjaga hasil sempurna, kemenangan atas Bologna juga menepis keraguan bahwa Dybala dan Ronaldo tidak bisa bermain bersama. Allegri melihat permainan keduanya semakin padu dan dia yakin akan lebih baik.

Duet Dybala dan Ronaldo

Pada laga melawan Bologna, Allegri turun dengan formasi 3-5-2. Dua pemain di lini serang ditempati oleh Dybala dan Ronaldo. Pada awal musim banyak yang menilai kedua tidak bisa bermain bersama, tapi sekarang mulai padu.

"Dybala bermain bagus, seperti yang dia tampilkan pada pertandingan lawan Frosinone. Normal jika dia terus berkembang lebih baik," ucap Allegri.

"Mereka [Dybala dan Ronaldo] bermain dengan bagus. Semakin sering mereka bermain bersama, maka semakin bagus dan saling mengenal. Saya rasa masih ada ruang untuk lebih baik. Jika ada Mandazukic bisa lebih baik," dia menambahkan.

Meskipun memberikan pujian, Allegri juga tetap memberi sejumlah catatan. Mantan pelatih AC Milan tersebut meminta anak asuhnya untuk bermain lebih konsisten selama 90 menit, bukan hanya di babak pertama saja.

"Pada babak pertama, kami menguasai penuh jalannya permainan. Kami bisa menguasai area bermain dengan lebih baik dibanding babak kedua. Kami jadi lebih rapuh dan kami memainkan bola dengan penuh risiko. Harus diperbaiki," ulas Allegri.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Nonton Sinetron, Arsy Kena Omel Ashanty

Posted: 26 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejak kecil, Arsy, putri sulung Ashanty dan Anang Hermansyah sudah menggemaskan. Kini, usia Arsy sudah menginjak hampir 4 tahun.

Tingkah Arsy juga kerap bikin ngakak orang yang melihatnya. Diakui Ashanty, putrinya itu semakin aktif dan tak bisa diam.

"Ya Allah, enggak bisa diam anaknya. Aktif banget, memang Arsy tuh dari kecil enggak bisa diem sebentar. Ada aja ngapain gitu, pokoknya badannya harus gerak," kata Ashanty, di Pacific Place, SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (26/9/2018). 

 

Ngomel

Ashanty

Meski bertingkah aktif, sesungguhnya Arsy merupakan anak penurut. Buktinya, ia menuruti aturan yang dibuat sang ibunda, Ashanty.

Pada suatu hari, Arsy pun kenal omel Ashanty karena melanggar aturan.

"Jadi pernah waktu itu kakak aku, aku marahin. Kakak aku yang cewek kalau main ke rumah, jam 7 malem ada sinetron apa gitu, si Arsy tiba-tiba ngomong apa gitu pokoknya kayak adegan sinetron. Aku ngomel, ngapain kamu, terus kata dia, 'Aku nonton mama mia'. Aduh mati gue. Dia (Arsy) bolehnya nonton kartun. Terus dia suka nonton ceramah-ceramah atau tausiah-tausiah, aduh anak ini luar biasa deh. Dia kelak akan membawa aku ke surga kayaknya. Amin," kata Ashanty. (Mathias Purwanto/kapanlagi.com)

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sales Mission Kemenpar di JET Tokyo Sukses Besar

Posted: 26 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Sales Mission dilakukan di Tourism Expo Japan (TEJ 2018). Event pameran ini digelar di Tokyo Big Sight, Tokyo, 20-23 September 2018. Di event ini, kemenpar mendapatkan hasil luar biasa. Incremental Pax hasil kerja sama mencapai 28.550 pax.

Di pameran ini, terjadi aktivasi pada booth Indonesia antara lain pameran B to B dan B to C, dan pelayanan informasi pariwisata.

"Ada business to business (B2B) meeting sehingga tercipta kerja sama bisnis sehingga meningkatkan angka kunjungan wisatawan," kata Deputi Bidang Pemasaran Pariwisata II Nia Niscaya, Selasa (25/9).

Kemenpar memfasilitasi 37 pelaku industri pariwisata dari berbagai provinsi untuk mengikuti acara itu. Mereka bergerak pada jasa biro perjalanan, hotel, Pemda, cruise, pengelola destinasi wisata, theme park, hingga maskapai penerbangan.

"Ini bursa pariwisata tahunan terbesar di Jepang. Diikuti lebih dari 1.100 buyers dan seller dari 150 negara dengan 1.100 booth. Pengunjungnya juga lebih dari 175 ribu orang," ungkap Nia.

Selain itu, dibawa juga Organizing Committee Hot Deal dan 6 Dinas Pariwisata Daerah. Antara lain DKI Jakarta, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sulawesi Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta.

Selama pameran, Kemenpar sukses mendapatkan Incremental Pax hasil kerja kama Wholesaler/Airlines. Selama Oktober – Desember 2018 sebanyak 8.050 pax. Sedangkan untuk Januari – Desember) 2019 sebanyak 20.500 pax.

"Totalnya 28.550 pax. Prediksi Pax/Potensi Nilai Transaksi Seller selama B2B/B2C Meeting, jumlah wisman 41.360. Ini meningkat sekitar 7% dibandingkan 2017. Sedangkan prediksi nilai potensial transaksi USD 42,021,760," papar Nia.

Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini juga terjadi penandatanganan Marketing Cooperation Agreement antara Kemenpar dan Garuda Indonesia. Bentuknya inkind promotion. Periode Oktober-Desember 2018 sebesar 3.250 pax. Sedangkan periode Januari-Maret 2019 3.500 pax. Total keseluruhan 6.750 pax.

TEJ 2018 ini merupakan kolaborasi dari Japan Travel and Tourism Association (JTTA), Japan Association of Travel Agents (JATA) dan Japan National Tourism Organization (JNTO). Hasil dari kegiatan ini akan dipublikasikan di media Jepang. Sehingga orang tertarik membeli paket-paket harga khusus.

Indonesia sebagai silver sponsor, memperoleh privilege. Di antaranya logo exposure on all the TEJ printed materials, tambahan 4 free booth, feature article on the organizer's media, seminar opportunities, dan pemutaran video WI di layar tv selama 15 detik.

Kesempatan ini tidak disia-siakan oleh Kemenpar. Pertunjukan seni budaya pun dipertontonkan. Seperti kesenian khas Bengkulu yang dikolaborasi dengan kesenian Angklung dan Tarian Bali di booth dan di panggung utama.Tidak hanya itu, kopi khas Indonesia juga turut disajikan.

Di event ini, Kemenpar memperoleh penghargaan 'Regional Category Awards'. Sebuah penghargaan atas prestasi pembuatan dan promosi film hasil kerja sama Indonesia-Jepang 'Umi wo Kakeru/Man from the Sea' di Aceh. Penghargaan juga didapat atas penyelenggaraan event olahraga 'Jakarta Marathon' yang kontinyu setiap tahun.

"Ini merupakan hasil penilaian juri secara obyektif dan ditetapkan sebenar-benarnya. Berdasarkan tersebut kami menerima penghargaan ini," pungkasnya.

Menpar Arief Yahya mengatakan, pasar Jepang itu tetap potensial. Jepang itu sangat concern dengan isu safety and security, tidak mau ambil risiko, karena karakter masyarakatnya yang sangat konservatif, hati-hati.

"Karena itu harus didekati dengan cara yang hati-hati pula. Kesukaan orang Jepang itu mirip dengan Korea, main golf, pantai, budaya. Soal golf, mereka sangat senang, karena di Indonesia sepanjang tahun bisa main golf, Jepang dan Korea kalau musim dingin atau panas, orang tidak banyak bermain outdoor," Utara Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief menambahkan, pasar Jepang mengalami stagnansi. Karena itu perlu dicari strategi, untuk mendekati customers millenials Jepang.

"Apalagi waktu tempuh Jepang Indonesia sekita 7 jam, jarak menengah yang masih bisa dikembangkan," kata Menpar Arief Yahya yang membawa Kemenpar No 1 dan terpilih sebagai #TheBestMinitryOfTourism2018 se Asia Pasifik di Bangkok, 20 September 2018 ini.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjanjian Kerja Sama Dagang RI-Tunisia Rampung Akhir 2018

Posted: 26 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perjanjian kerja sama perdagangan Indonesia dan Tunisia ditargetkan rampung pada akhir 2018. Hingga saat ini, perundingan kerja sama kedua negara telah memasuki putaran kedua.

Direktur Perundingan Bilateral selaku Ketua Tim Perunding ITPTA Kementerian Perdagangan (Kemendag) Ni Made Ayu Marthini mengatakan, ‎pada perundingan putaran kedua ini, Indonesia dan Tunisia berhasil menyepakati seluruh pasal draf teks PTA.

Selanjutnya, kedua pihak fokus pada pembahasan akses pasar (request list dan draft text Rules of Origin).

"Pada putaran perundingan yang kedua ini, Indonesia dan Tunisia berhasil menyepakati dan memfinalisasi draf teks PTA. Delegasi kedua negara menunjukkan semangat yang sama untuk menyelesaikan perundingan karena akan mendorong pelaku usaha kedua negara meningkatkan perdagangan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Selain draf teks PTA, kata dia, delegasi Indonesia dan Tunisia juga membahas draf Rules of Origin atau ketentuan asal barang. Selanjutnya, kedua delegasi akan melakukan pertukaran data tarif serta daftar produk-produk unggulan yang akan diusulkan untuk penurunan tarif (request list). Diharapkan perundingan PTA dapat diselesaikan pada akhir 2018.

"Setelah perundingan putaran kedua ini, kedua pihak akan terus berkomunikasi dan melakukan pertukaran data perdagangan, data tarif, serta draf ROO sebelum perundingan putaran ketiga. Hal ini diperlukan agar perundingan PTA dapat diselesaikan pada putaran ketiga yang akan dilaksanakan pada bulan November atau Desember 2018 nanti," ungkap Made.

Produk Unggulan

Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memimpin kunjungan misi dagang ke Tunisia sekaligus meluncurkan secara resmi dimulainya perundingan Indonesia-Tunisia PTA pada 25 Juni 2018 lalu. Hal ini karena Tunisia merupakan salah satu pasar nontradisional potensial di kawasan Afrika bagian utara.

Dari hasil kunjungan tersebut terbuka peluang ekspor produk-produk unggulan Indonesia ke Tunisia, seperti tuna, rempah-rempah, kopi, aksesori kamar mandi, dekorasi rumah, dan perhiasan.

Total perdagangan kedua negara pada 2017 sebesar USD 88 Juta. Nilai tersebut terdiri dari ekspor Indonesia sebesar USD 55 Juta dan impor sebesar USD 32,7 juta, sehingga Indonesia surplus USD 22,4 Juta.

Komoditas ekspor Indonesia ke Tunisia pada 2017 adalah minyak kelapa, biji palem, benang, oxygen-function amino-compounds, dan benang filamen sintetik. Sementara itu, impor utama Indonesia dari Tunisia pada 2017 adalah kurma, fosfonat, peralatan listrik, kawat berisolasi dan kabel, serta aluminium tanpa tempa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AFC Tunda 2 Laga Piala Asia U-16, Bagaimana Jadwal Timnas Indonesia?

Posted: 26 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) membatalkan dua pertandingan Piala Asia U-16 yang berlangsung di Malaysia. Cuaca buruk membuat kedua laga diundur dari jadwal semula.

Seperti dilansir situs resmi AFC, seluruh pertandingan yang tertunda itu berasal dari Grup A, yakni Malaysia Vs Jepang dan Thailand Vs Tajikistan. Kedua pertandingan ini seharusnya berlangsung kemarin atau Rabu (26/9/2018) di National Stadium dan UM Arena.

Namun, hujan deras yang terus mengguyur memaksa AFC membatalkan laga. Duel baru digelar keesokan harinya, Kamis (27/9/2018) mulai pukul 11.00 waktu setempat. 

Sementara itu, timnas Indonesia yang bergabung di Grup C juga akan bertarung melawan India malam ini. Kedua tim berebut status sebagai juara grup. Pertandingan ini awalnya dijadwalkan berlangsung di UM Arena Stadium.

Namun, demi alasan keamanan mengingat animo suporter Indonesia yang besar, AFC memindahkannya ke Stadion Nasional Bukit Jalil.

Sejauh ini belum ada pemberitahuan lebih lanjut seputar duel timnas Indonesia melawan India di Piala Asia U-16. Sesuai jadwal, pertandingan krusial ini rencananya tetap akan berlangsung mulai pukul 19.45 WIB. 

Jadwal Revisi

Logo AFC. (Bola.com/Dok. AFC)

Jadwal Timnas Indonesia U-16

Kamis (27/9/2018) pukul 11.00 waktu setempat

- Malaysia Vs Jepang (National Stadium)

- Thailand v Tajikistan (UM Arena)

 

Kamis, 27 September

19.45 WIB, India vs Indonesia

Stadion Nasional Bukti Jalil

Live MNCTV

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Pembagian Ayam Gratis di Solo Berlangsung Ricuh

Posted: 26 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembagian ayam gratis kepada warga Solo di Pasar Jongke berlangsung ricuh. Beberapa orang pingsan dan anak-anak dievakuasi oleh panitia pelaksana.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dari Penyanyi Jadi Pemain Film, Lady Gaga Semakin Anggun dengan Gaun Silver

Posted: 26 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Lady Gaga belakangan memilih tampilan yang lebih anggun. Dan ya memang, aura feminin dan keanggunan seorang Mother Monster ini lebih keluar di setiap penampilan. Yang pasti selalu membuat publik takjub.

Lady Gaga kini disibukkan dengan promosi film yang dibintanginya "A Star Is Born". Dalam premiere film tersebut, Lady Gaga menghasut publik dengan penampilannya bersinar. Aura bintang dari seorang Lady Gaga semakin terpancar dengan mengenakan gaun dari Givenchy.

 

Semakin anggun setelah jadi pemain film

Penyanyi lagu "Poker Face" ini memilih gaun haute couture dari Givency. Gaun silver ini merupakan rancangan dari Clare Waight Keller yang juga merancang gaun pernikahan Meghan Markle beberapa waktu lalu.

Gaun ini dibuat dari renda metalik yang menutupi gaun strapless berwarna silver. Renda metalik ini sendiri memiliki potongan yang begitu besar hingga membentuk seperti jubah panjang.

Untuk mendukung penampilan kakinya, Lady Gaga mengenakan sepatu heels platform. Heels platform ini juga berfungsi untuk menjaga ujung gaun bagian depan agar tidak terserat di tanah.

 

Gunakan aksesori mahal

Agar semakin bersinar, Lady Gaga memilih aksesoris berupa kalung berlian 100 karat dan sepasang anting berlian 20 karat. Keduanya diproduksi oleh Bvlgari. Lady Gaga pun memilih gaya Old Hollywood dengan rambut platinum yang begitu sleek dan gelombang di bagian bawah. Lipstik merah glossy menjadi sentuhan akhir dari penampilan Lady Gaga yang serba silver.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Euforia Asian Para Games 2018 Terasa di Rakor Anggaran Kemensos

Posted: 26 Sep 2018 09:14 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Euforia Asian Para Games 2018 sudah mulai terasa di mana-mana. Nuansa ini juga terasa di Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Program dan Anggaran Kementerian Sosial Tahun Anggaran 2019 yang berlangsung di Jakarta pada 25 - 28 September.
Logo Asian Para Games 2018 terlihat di kaus hitam yang digunakan para peserta rapat serta desain panggung dan podium. Bahkan, maskot resmi ajang olahraga ini, Momo, juga dihadirkan di sana.
"Tujuannya untuk turut memeriahkan dan menyambut Asian Para Games 2018 yang sebentar lagi akan berlangsung di Indonesia," ujar Kepala Biro Perencanaan Kementerian Sosial, Adhy Karyono, di Jakarta, Kamis (27/9/2018).
Ia mengungkapkan, Rakor Perencanaan Program dan Anggaran Kemensos Tahun Anggaran 2019 tersebut diikuti setiap perwakilan unit kerja di lingkungan Kementerian Sosial RI dan 34 Kepala Dinas Sosial Provinsi. Hal ini merupakan kesempatan bagi Kementerian Sosial untuk menyosialisasikan ajang empat tahunan bagi atlet penyandang disabilitas ini kepada para kepala dinas untuk diteruskan kepada seluruh jajaran di Pemerintah Daerah (Pemda).
"Kemensos juga telah menyampaikan kepada seluruh dinas sosial di Indonesia untuk turut memeriahkan ajang penghormatan hak dan kesetaraan kepada penyandang disabilitas ini dengan beragam cara. Misalnya, menghias gedung perkantoran dengan pernak-pernik bernuansa Asian Para Games 2018 atau menempatkan spanduk, baliho, poster berisi dukungan terhadap para atlet," ucap Adhy.
Sementara itu, terkait rakor anggaran, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan karena pada 2019, Kementerian Sosial RI akan mendapatkan alokasi Pagu Anggaran sebesar Rp 58,9 triliun.
Anggaran tersebut dialokasikan sebagian besar pada dua belanja bantuan sosial (bansos), yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Pangan. Khusus untuk bansos, anggarannya mencapai Rp 54,3 triliun atau lebih dari 92,88 persen dari total alokasi anggaran sesuai pagu anggaran 2019.
"Anggaran tersebut dikelola secara transparan dan akuntabel untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih atau good government," kata Adhy.
Dirinya pun berharap melalui rakor tersebut akan terbangun persepsi untuk menciptakan sinergi dan komitmen bersama antara Kementerian Sosial dengan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan program penyelenggaraan kesejahteraan sosial tahun 2019, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan bagi penyandang masalah sosial secara komprehensif.
 
 
(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Adu Kencang Kawasaki H2R Lawan Mobil F1 hingga Jet Tempur, Siapa Juara?

Posted: 26 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Istanbul - Baru-baru ini beredar video yang mungkin membuat Anda tidak percaya. Di dalam video tersebut diperlihatkan motor sport Kawasaki Ninja H2R mampu menaklukkan beragam jenis kendaraan tercepat, mulai dari mobil super cepat sampai pesawat jet.

Dalam videonya, Kawasaki Ninja H2R mengadu kecepatan di landasan udara dalam ajang Teknofest Istanbul, Turki. Daftar lawannya jet tempur F-16, mobil balap F1 Red Bull, dan mobil listrik Tesla S P100DL. Penantang lainnya yang juga ikut dalam adu cepat ini Aston Martin New Vantage dan Lotus Evora GT430, dua spesies kendaraan sport bermesin konvensional.

Pada saat balap dimulai, Kawasaki H2R tampak tertinggal dengan para lawannya. Mobil F1 Red Bull memang berada di posisi terdepan, disusul Tesla dan Jet F16. Namun, kondisi berubah saat menginjak 500 meter, Kawasaki H2R mulai menyusul mobil F1, pesawat jet dan mobil-mobil lainnya. Dengan waktu kurang 10 detik atau lebih tepatnya 9,43 detik, H2R melesat dan keluar sebagai kendaraan yang tercepat di antara pesaingnya.

Dilansir The Drive, penonton mungkin hanya bisa bertanya-tanya dengan apa yang dilihatnya. Anda masih bisa membayangkannya jika Bugatti Chiron atau Koenigsegg Agera RS yang berjejer melawan mobil-mobil sport itu. Tetapi kenyataannya, empat supercar harus dipecundangi oleh kuda besi bermesin supercharger, Kawasaki H2R. Tentu ini bukan hanya soal tenaga, tapi pembuktian ini juga tak lepas dari bakat seorang pengendara H2R, Kenan Sofuoglu, yang merupakan mantan pembalap Kawasaki di Supersport World Champion yang kini berprofesi sebagai senator di Turki.

Kawasaki Ninja H2R keluar sebagai pemenang, mampu melewati mobil balap F1, yang selisihnya hanya 0,04 detik. Kemudian disusul pesawat Jet yang menduduki posisi ketiga. Ini menjadi hal mengejutkan, belum lagi Tesla yang posisinya tidak terlalu jauh, berada di posisi keempat. Namun bagi Tesla, ini bukanlah hasil yang buruk, melihat mesin yang digunakan memang mengusung kenyamanan dalam sebuah sedan, bukanlah mobil balap. Sementara untuk Aston Martin dan Lotus tampak sangat tertinggal dalam perjalanan mereka hingga garis finis, hingga tidak dapat dipastikan siapa yang terakhir berada di lintasan.

 

Selanjutnya

Kembali pada H2R, motor itu memang telah menjadi incaran pecinta superbike di seluruh dunia karena tenaganya yang tak diragukan lagi. Untuk spesifikasinya, kuda besi terbuas Kawasaki ini menggendong mesin 998 cc 4-tak supercharger yang mampu mengeluarkan power sebesar 296 Tk. Motor ini pernah menyabet maksimal top speed-nya hingga 400 kilometer per jam.

Di Indonesia sendiri, H2R ditawarkan dengan banderol lebih dari Rp 1 miliar. Bahkan sempat terdengar kabar, motor ini tak bisa dijual di Tanah Air karena tenaganya hanya bisa digunakan untuk balap di sirkuit. Namun, Kawasaki Indonesia tetap menjual saudaranya yang lebih dulu ada sejak 2015, Kawasaki H2 yang dibanderol Rp 661 juta dan H2 Carbon seharga Rp 820 juta.

Seperti diketahui, pada awal 2018, hanya ada satu unit Kawasaki Ninja H2 Carbon dan sudah ada tuannya. Sesi pembukaan selubung atau unboxing juga dihadiri jajaran direksi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), di depan pemilik dan para awak media. Motor ini tidak berbeda jauh dengan H2 standar. Mesinnya berkapasitas 998 cc empat silinder segaris dengan supercharger. Supercharger inilah yang membuat performanya menjadi luar biasa hingga mampu memuntahkan torsi puncak 133,5 Nm pada 10.000 rpm dan tenaga maksimal 212 Tk pada 11.000 rpm. 

Sumber: Oto.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Nasib Tragis Wanita yang Rutin Minum Jus, Tes Kejelian Mata

Posted: 26 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang salah dengan mengonsumsi jus secara rutin. Selain tubuh yang lebih sehat, asupan serat dan nutrsi yang diperlukan juga terpenuhi.

Namun ada satu kasus dimana seorang wanita asal Singapura berakhir tragis setelah rutin mengonsumsi jus. Titin Lismawati (29) rutin mengonsumi jus ungu produksi asal Malaysia yang diklaim mampu hilangkan nyeri encoknya.

Jus itu telah ia konsumsi selama enam bulan. Tapi pada Kamis, (20/9/2018) Titin mengeluh sakit yang justru berujung fatal pada hilang nyawanya. Meninggalnya Titin masih diduga dari efek samping jus kerap ia konsumsi karena mengandung dexamethasone.

Artikel tentang nasib tragis yang dialami Titin menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tes kejelian mata untuk cari kucing pada gambar. Sedangkan artikel tentang fakta Malea Emma, anak Indonesia yang pukau warga AS menempati posisi ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Rutin Minum Jus Selama 6 Bulan, Nasib Wanita Ini Justru Berakhir Tragis

Jus Buah Naga (sumber gambar: cleanplates.com)

Insiden memilukan dialami oleh seorang wanita asal Singapura setelah mengonsumsi jus ungu setiap hari. Wanita 28 tahun itu diketahui mengonsumsi jus tersebut secara rutin dalam enam bulan.

Karena memiliki khasiat, jus buah itu terus dikonsumsi setiap hari oleh Titin. Sampai akhirnya pada Kamis, (20/9/2018) Titin merasa tak enak badan dan ingin mengunjungi dokter keesokan harinya.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2. Tes Kejelian Mata, Coba Cari Kucing di Gambar Ini

(Foto: © Apis Abdullahrahim UF/Facebook)

Akun Facebook Apis Abdullahrahim, membagikan foto dimana kucing miliknya sedang bersembunyi. Ternyata foto ini cukup menarik perhatian warganet terutama para pecinta kucing.

Tentu bagi banyak orang, foto ini juga bisa jadi tes kejelian matamu untuk langsung melihat dimana kucing tengah bersembunyi. 

Selengkapnya..

3. Deretan Fakta Malea Emma, Anak Indonesia yang Bernyanyi di Liga AS

(Foto:  © LA Galaxy/ Twitter)

Usianya mungkin masih 7 tahun, tapi Malea Emma Tandrawidjaja mampu bikin merinding warga Amerika Serikat dengan suaranya. Gadis cilik berdarah Indonesia, Malea Emma sukses terpilih untuk menyanyikan lagu kebangsaan Amerika "The Star-Spangled Banner" di ajang bergengsi Major League Soccer Game, liga sepak bola AS.

Tentu aksinya terbilang sukses pukau warga Amerika, termasuk bintang sepak bola Zlatan Ibrahimovic. Penampilan sempurna Malea saat laga MLS ternyata juga sampai menjadi viral di negeri Paman Sam.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampakan Sepatu Termahal Seharga Rp 250 Miliar Hadir di Uni Emirat Arab

Posted: 26 Sep 2018 09:03 PM PDT

Desainer Jada Dubai, Maria Majari menunjukkan sepatu 'The Passion Diamond' yang dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, UEA, Rabu (26/9). Sepatu ini terbuat dari emas dengan dua berlian D-flawless masing-masing 15 karat. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Desainer Jada Dubai, Maria Majari menunjukkan sepatu 'The Passion Diamond' yang dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, UEA, Rabu (26/9). Sepatu ini terbuat dari emas dengan dua berlian D-flawless masing-masing 15 karat. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Dibanderol dengan harga sekitar Rp 253,7 miliar, sepatu ini diklaim sebagai yang termahal di dunia. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Dibanderol dengan harga sekitar Rp 253,7 miliar, sepatu ini diklaim sebagai yang termahal di dunia. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Sepatu tersebut dibanderol dengan harga 17 juta dolar Amerika, atau setara Rp 253,7 miliar. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Sepatu tersebut dibanderol dengan harga 17 juta dolar Amerika, atau setara Rp 253,7 miliar. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Sepatu ini terbuat dari emas dengan dua berlian D-flawless masing-masing 15 karat. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Sepatu ini terbuat dari emas dengan dua berlian D-flawless masing-masing 15 karat. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Dibanderol dengan harga sekitar Rp 253,7 miliar, sepatu ini diklaim sebagai yang termahal di dunia. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Dibanderol dengan harga sekitar Rp 253,7 miliar, sepatu ini diklaim sebagai yang termahal di dunia. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Sepatu tersebut dibanderol dengan harga 17 juta dolar Amerika, atau setara Rp 253,7 miliar. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

Sepasang sepatu high heels 'The Passion Diamond' dipamerkan di Burj Al Arab, Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (26/9). Sepatu tersebut dibanderol dengan harga 17 juta dolar Amerika, atau setara Rp 253,7 miliar. (AFP PHOTO / GIUSEPPE CACACE)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kloter Terakhir Jemaah Haji Batam Tiba di Tanah Air

Posted: 26 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kelompok terbang (kloter) terakhir jemaah haji Debarkasi Hang Nadim, Batam tiba di Tanah Air pada Selasa, 25 September 2018 malam. Mereka langsung kembali ke kediaman masing-masing.

Menurut Kepala Sub Bidang Informasi dan Humas Panitia Pelaksana Ibadah Haji Batam Syahbudi, dengan kedatangan kloter terakhir asal Kota Batam tersebut, maka Debarkasi Hang Nadim Batam sudah memulangkan 11.852 haji.

Tahun ini, embarkasi-debarkasi Hang Nadim Batam melayani jemaah haji dari Riau, Kepulauan Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat.

"Kloter 27 yang tiba tadi malam merupakan kloter terakhir pada penyelenggaraah ibadah haji tahun ini. Dari total jumlah jamaah calon haji yang berangkat ke tanah suci sebanyak 11.852 kembali ke tanah air sebanyak 11.823," ujar Syahbudi, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/9/2018).

Ia menjelaskan, berkurangnya jumlah jemaah karena ada yang meninggal dan ada juga masih berada di Tanah Suci untuk pengobatan.

Syahbudi merinci, berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji (Siskohat), dari 5.039 orang jemaah haji Riau, yang pulang ke Tanah Air sebanyak 5.033 orang.

"Wafat di Tanah Suci sebanyak 6 orang dan wafat di Tanah Air, pascahaji sebanyak 2 orang," ucap Syahbudi.

Kemudian, lanjut dia, jemaah haji Kepri total berangkat 1.260 orang dan pulang 1.257 orang. Siskohat mencatat, dua orang meninggal dunia di Tanah Suci serta seorang masih sakit dan tinggal di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Jemaah Haji Lain

Petugas haji jadi ojek payung bagi jemaah Indonesia. (MCH Indonesia/Dream)

Sementara itu, jemaah asal Provinsi Kalimantan Barat total berangkat 2.521 orang dan pulang 2.510 orang. Dari jumlah tersebut, yang wafat di Tanah Suci sebanyak 10 orang, serta seorang masih sakit dan tinggal di RSAS.

Dan Provinsi Jambi, total berangkat 2.897 orang, pulang 2.888 orang. Sebanyak tujuh jemaah wafat di Tanah Suci dan seorang sakit serta tinggal di RSAS 1 orang.

Sementara itu, sebanyak 378 orang jemah haji kloter 27 BTH tiba di Bandara Internasional Hang Nadim Batam menggunakan pesawat Saudia Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV5222.

Dalam laporannya, Ketua Kloter 27 Erman Zaruddin mengatakan, jumlah jemaah saat berangkat berjumlah 380 orang. Dua orang diantaranya tanazul awal ke kloter 08 BTH, sehingga saat kembali jemaah berjumlah 378 orang.

Menurutnya, pelaksanaan ibadah di Tanah Suci relatif berjalan lancar tanpa kendala berarti.

"Alhamdulillah koordinasi dan kerja sama kami dengan ketua regu dan ketua rombongan dalam melayani jemaah berjalan dengan baik. Sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan aman dan lancar," jelas Erman.

Sementara itu, Kepala Bidang Penerimaan Jemaah PPIH Debarkasi Haji Batam Erizal Abdulah mengingatkan agar jemaah terus mengecek kondisi kesehatannya.

"Bila dalam beberapa hari ke depan ada jemaah yang demam panas, maka diminta segera memeriksakan diri ke dokter dengan membawa kartu BPJS," tegas Erizal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terkuak, Ini Identitas Asli Peracun Zat Saraf pada Agen Ganda Rusia

Posted: 26 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, London - Baru-baru ini, sebuah situs web jurnalisme investigatif merilis laporan tentang identias asli salah satu perwira intelijen Rusia, yang dicurigai sebagai pelaku pemberian racun saraf pada agen ganda Skripal di Salisbury, Inggris.

Bellingcat--nama situs web invetigasi terkait--mengklaim pria yang bernama Ruslan Boshirov, yang telah tertuduh sebelumnya, adalah nama samaran dari Kolonel Anatoliy Chepiga, salah seorang petinggi di GRU, dinas intelijen khusus Rusia.

Dikutip dari BBC pada Kamis (27/9/2018), otoritas Inggris belum berkomentar terhadap hal ini, tapi mengaku sangat mengapresiasi upaya investigasi terkait.

Sebelumnya, London menyebut pelaku terkait adalah seorang perwira intelijen Rusia bernama Boshirov. Ia datang bersama dengan rekannya, yang diduga menggunakan paspor palsu atas nama Alexander Petrov.

Sebagaimana diketahui, mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal, dan putrinya, Yulia Skripal, diracun Novichok pada bulan Maret.

Pasangan ini selamat dari maut, tetapi Dawn Sturgess--seorang wanita yang tidak terhubung dengan serangan asli--meninggal pada bulan Juli setelah terkena zat yang sama, yang menyerang langsung sistem saraf.

Penggunaan racun Novichok terakhir diketahui terjadi pada salah seorang anggota aktivis punk Pussy Riot, Pyotr Versilov, yang meyakini tindakan tersebut dilakukan oleh dinas intelijen Rusia.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Sosok Prajurit Andalan Rusia

Militer Rusia berparade mengibarkan bendera kebangsaan di ibu kota Moskow (AP)

Pemerintah Inggris menuduh Boshirov dan Petrov melakukan serangan racun Novichok di Salisbury. Dikatakan pula bahwa mereka adalah petugas yang menyamar untuk GRU.

Rusia selalu membantah tuduhan tersebut, dan Presiden Vladimir Putin mengatakan para tersangka adalah warga sipil.

Kedua terduga pelaku kemudian muncul di televisi milik pemerintah Rusia, dan mengaku sebagai turis, mengunjungi Kota Salisbury untuk melihat katedralnya.

Situs web Bellingcat mengatakan bahwa Kolonel Chepiga adalah seorang prajurit yang bertugas di Chechnya dan dianugerahi penghargaan negara tertinggi, yakni Pahlawan Federasi Rusia, yang biasanya diberikan secara pribadi oleh Presiden Vladimir Putin.

Bellingcat memperoleh bocoran dari berkas paspor Anatoliy Vladimirovich Chepiga, di mana menunjukkan wajah terduga pada tahun 2003. Foto itu disebut tampak seperti versi yang lebih muda dari pria yang menggunakan identitas Ruslan Bushirov.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengenal Tarian Mentawai yang Dipelajari dari Alam

Posted: 26 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Mentawai - Malam sudah semakin larut ketika seorang pembawa acara meminta Sanggar Uma Jaraik Sikerei untuk mengambil tempat di atas panggung guna menampilkan kesenian tradisional khas Mentawai, Sumatera Barat.

Beberapa penari yang di antaranya adalah sikerei atau dukun tradisional masyarakat adat Mentawai mulai mengambil tempat yang kemudian diiringi oleh tiga orang pemusik.

Pemusik tersebut duduk berbaris di belakang penari yang masing-masingnya memegang gajeuma, gendang khas Mentawai yang menggunakan kulit ular atau biawak sebagai sumber bunyi.

Sikerei, yang bertindak sebagai penari, tampil dengan mengenakan pakaian adat dengan berbagai kelengkapan, perlahan mereka mulai bergerak mengikuti alunan musik yang dihasilkan dari gajeuma, sesekali mereka menghentakkan kaki ke lantai kayu, sehingga menjadi instrumen tambahan.

Dentuman irama gendang khas musik primitif dengan ritme berulang dan datar, yang biasa digunakan untuk keperluan ritual tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang menyaksikan.

Tarian tradisional yang bagi masyarakat Mentawai dikenal dengan Turuk Lagai itu, sesekali diiringi dengan nyanyian dalam bahasa setempat yang dilantunkan oleh penari.

Selain entakan kaki seirama, sesekali mereka mengembangkan lengan menyerupai burung. Di ujung jari mereka, tepatnya di antara telunjuk dan jari manis terselip sehelai daun yang tumbuh di Mentawai.

Selain di sela-sela jari, dedaunan juga dipasangkan pada beberapa bagian lain di tubuh, seperti pada lengan, dan di bagian belakang tubuh, dedaunan tersebut disematkan pada cawat atau kabit yang merupakan pakaian tradisional masyarakat Mentawai.

Sebagai sikerei, hampir seluruh tubuh para penari tersebut dihiasi tato tradisional, di bagian kepala, mereka mengenakan luat, ikat kepala yang terbuat dari manik-manik, serta jara-jara yang dipasangkan di belakang kepala serupa rambut tambahan.

Pada bagian leher terdapat tuddak yang menyerupai kalung, tapi kalung itu tidak dapat dikenakan oleh sembarang orang. Hanya sikerei-lah yang diperkenankan mengenakannya.

Selain mengenakan cawat atau kabit, pada bagian pinggang penari juga dikenakan sabok, serupa kain penutup dari pinggang hingga lutut dengan motif garis-garis yang memadukan warna merah, putih dan hitam. Sementara pada bagian lengan atas terdapat lekkau yang juga berguna untuk menyelipkan dedaunan.

Pada penampilan turuk, jumlah peserta tidak dibatasi. Akan tetapi, biasanya tidak dilakukan oleh terlalu banyak orang, karena jika terlalu ramai, maka irama entakan kaki di lantai akan terlalu ramai, sehingga berpengaruh pada estetika bunyi.

"Siapa pun boleh menampilkan turuk, akan tetapi sikerei adalah orang yang diwajibkan menguasainya, sebab turuk juga dipergunakan dalam ritual pengobatan," tutur pelatih seni di Sanggar Uma Jaraik Sikerei, Mateus Sakukuret.

Belajar dari Alam

Pulau Siberut ini sangat cocok sekali buat Anda yang menyukai petualangan dan juga tantangan.

Belajar dari alam pada pertunjukan turuk yang ditampilkan oleh tiga orang sikerei asal Desa Muntei, Kecamatan Siberut Selatan, tersebut, terdapat dua macam turuk yang ditampilkan, yaitu Turuk Uliyat Manyang dan Tutuk Uliyat Bilou.

Pada dasarnya, turuk memiliki arti tarian, uliyat dapat diartikan menyerupai dan manyang berarti camar, dengan demikian Turuk Uliyat Manyang dapat diartikan sebagai tarian yang menyerupai burung camar. Begitu juga dengan Turuk Uliyat Bilou, yaitu tarian yang menyerupai bilou. Bilou sendiri merupakan primata yang menjadi endemik Kepulauan Mentawai.

Terinspirasi dan belajar dari alam sejak dahulu kala, turuk yang ditarikan oleh Sikerei Ailekkok Satoleuru, Sikerei Pangarita Tasiritoitet dan Sikerei Aikub Sakalio itu mencerminkan betapa erat hubungan antara manusia dengan alam di sekitarnya.

Sejak zaman dahulu, masyarakat Mentawai hidup dan menggantungkan kehidupan mereka dari hutan, sehingga interaksi antara manusia dan hutan menjadi begitu intens dan ikut mempengaruhi kebudayaan masyarakat.

"Biasanya masyarakat Mentawai itu beraktivitas di hutan dan bertemu dengan berbagai macam tumbuhan dan binatang, sehingga hal itu menjadi inspirasi dalam menciptakan tarian," ujar Mateus.

Pada gerakan Turuk Uliyat Manyang, beberapa gerakan yang terlihat menyerupai burung adalah ketika para penari mengibaskan tangan, serupa seekor burung yang mengepakkan sayap ketika terbang.

Pada gerakan lain juga diperlihatkan bagaimana seekor burung yang sedang bercengkrama ketika mencari makanan. Begitu juga dengan gerakan pada Turuk Uliyat Bilou.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Konflik dengan Pogba, Mourinho Dibela Petinggi MU

Posted: 26 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Pertikaian yang terjadi antara manajer MU, Jose Mourinho dan Paul Pogba membuat Ed Woodward turun tangan. Wakil Presiden MU itu membela kinerja The Special One.

Dalam latihan Kamis (26/9/2018), Pogba dan Mourinho terlihat saling adu mulut. Bahkan keduanya setelah itu tidak saling berbicara selama sesi latihan.

Kabarnya Mourinho kesal dengan komentar Pogba yang mengkritik soal taktiknya. Menariknya, pertikaian keduanya sendiri terjadi sejak musim lalu.

"Semua orang bekerja keras dalam klub ini untuk menambah 66 gelar klub dan 25 trofi bagi Mourinho. Itu adalah keinginan semua fans dan juga tradisi klub," kata Woodward seperti dilansir Manchester Evening News.

"Kami memang harus bekerja lebih keras lagi untuk meraih trofi. Itu sebabnya kami memperkerjakan Mourinho yang sejauh ini memenangkan lima gelar."

 

 

Ogah Konflik

Gaya pelatih Manchester United, Jose Mourinho (kiri) saat berbincang dengan pelatih Chelsea, Antonio Conte pada lanjutan Premier League di Old Trafford stadium, Manchester, (25/2/2018). Manchester United menang 2-1. (AP/Rui Vieira)

Woodward juga enggan menanggapi kejadian yang terjadi di luar lapangan. Ia menilai seluruh elemen MU tak ada yang mau konflik.

"Sangat mudah untuk mencari masalah dalam setiap laga. Tetapi lebih baik kita melihat dari kacamata yang lebih luas," kata Woodward.

"Bahkan sesuatu yang kecil bakal berdampak besar pada bisnis klub ini jika semua ditanggapi," ujarnya menambahkan.

Klub Besar

Jose Mourinho terus memberikan instruksi kepada anak asuhnya saat melawan Sevilla pada laga 16 besar Liga Champions di Ramon Sanchez Pizjuan stadium, Seville, (21/2/2018). MU bermain Imbang 0-0 lawan Sevilla. (AP/Miguel Morenatti)

Di sisi lain Woodward juga menyampaikan MU tetap menjadi klub besar meski belum juara Liga Inggris lagi.

"Untuk urusan fans MU tetaplah nomor satu sebagai klub olahraga. Direksi dan investor tahu keinginan fans dan tidak akan berhenti berinivestasi untuk meraih gelar."

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Durasi Olahraga Kardio yang Tepat untuk Tubuh Menurut Para Ahli

Posted: 26 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Olahraga kardio punya segudang manfaat dan gampang dilakukan. Tak heran, ia punya banyak peminat. Namun, ada juga yang tidak menggemarinya karena dianggap terlalu berat. Untuk meyakinkan diri akan manfaat olahraga satu ini, simak kata para ahli mengenai manfaat olahraga kardio dan durasi idealnya seperti dikutip dari Swara Tunaiku.  

1. Phil Timmons (Program Manager Blink Fitness)

Jika bercita-cita memiliki kesehatan fisik dan mental, olahraga kardio wajib menjadi menu work out rutin. Menurut Phil Timmons, olahraga kardio adalah salah satu upaya terbaik agar tubuh tetap sehat dan fit.

Pasalnya, saat melakukan olahraga kardio, tubuh akan menghasilkan hormon endorfin yang membuat seseorang lebih bahagia. Sehingga memberikan efek positif pada mood, pikiran, dan metabolisme tubuh. Tubuh dan jiwa bahagia, rasa stres pun hilang.

Bahkan hanya dengan olahraga kardio ringan seperti lari di treadmill selama 10 menit saja, efek positif ini sudah terasa.

2. Jeff Monaco (Education Manager Gold's Gym Fitness Academy)

Ilustrasi olahraga (iStockphoto)

Jeff Monaco membeberkan sisi positif olahraga kardio yang ampuh mencegah penyakit diabetes dan serangan jantung.  

Alasannya, saat olahraga kardio, tubuh akan mengambil banyak oksigen yang kemudian akan melewati otot. Otot dengan stok oksigen yang banyak mampu membakar lemak dengan baik. Sehingga, olahraga kardio dipercaya bisa menjaga kadar gula dalam tubuh. Memiliki kadar gula seimbang menghindarkan diri dari ancaman diabetes.

 

3. Astrid Swan (Instruktur Utama Barry's Bootcamp)

Lalu, berapa lama waktu ideal buat olahraga kardio? Disarankan oleh instruktur utama Barry's Bootcamp, Astrid Swan waktu ideal olahraga kardio bergantung pada tujuan dan tingkat kebugaran seseorang.

Untuk nonatlet, bisa dimulai dengan olahraga kardio selama 10 sampai 20 menit. Bisa dilakukan selama 4 hingga 5 kali dalam seminggu. Poin terpenting yang harus diingat, setiap olahraga kardio harus dimulai dengan pemanasan dan ditutup dengan pendinginan sekitar 3 sampai 5 menit. (Felicia Margaretha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tambang ABM Investama di Kalsel Hasilkan 3,5 Juta Ton Batubara

Posted: 26 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Tanah Umbu - PT ABM Investama melalui PT Tunas Inti Abadi (TIA) memproduksi 3,5 juta ton batubara sampai September 2018. Batubara tersebut berasal dari lokasi pertambangan di Kalimantan Selatan.

Direktur Tunas Inti Abadi D‎adik Kiswanto mengatakan, dari target produksi batubara 4,7 juta ton, produksi sudah mencapai 3,5 juta ton sampai September 2018.

"Sampai September kita sudah memproduksi 3,5 juta ton," tutur Dadik, di lokasi pertambangan TIA, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Kamis (27/9/2018).

Dari jumlah produksi itu, penjualan ke pasar Indonesia sebesar 9,9 persen, China 59,3 persen, India 27,5 persen, Vietnam 1,9 persen, Filipina 1 persen, dan Thailand 0,4 persen.

Tunas Inti Abadi mulai mengembangkan produksi pada area tambang seluas 3.085 hektare (ha). Pada area tambang di wilayah Tanah Bumbu ini terdapat sumber daya batubara sebanyak 106 juta ton dan cadangan sekitar 52 juta ton. Kualitas batubara milik perusahaan dinilai sangat baik karena memiliki kalori 5.400-5.600 kcal per kilogram (kg).

Mengingat pasar batubara masih sangat besar, saat ini fokus ABM adalah meningkatkan produksi batubara, sehingga kenaikan harga yang saat ini terjadi dapat memberikan keuntungan yang optimal.

Direktur Utama Reswara Yofie Priadi mengungkapkan, ABM Investama melalui anak usahanya memegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) di dua wilayah pertambangan batubara, yaitu di Kalimantan Selatan dikelola TIA dan Aceh dikelola PT Mifa Bersaudara. ‎ Dari dua tambang tersebut tahun ini dapat menghasilkan batubara 10 juta ton.

"‎kita targetkan tahun ini 10 juta ton, dari TIA 4,7 juta dan dari MIFA sisanya (5,3 juta ton)," tandas dia.

Cara ABM Investama Bertahan Saat Harga Batubara Anjlok

Ilustrasi Foto Pertambangan (iStockphoto)

PT ABM Investama menugaskan anak usahanya untuk mengoperasikan tambang batubara. Cara ini terbukti efektif dalam menghadapi harga batubara yang sempat anjlok pada beberapa tahun lalu.

Direktur Keuangan ABM Investama Adrian Erlangga ‎mengatakan, ABM memiliki anak usaha yang bergerak dalam kegiatan pertambangan dari hulu sampai hilir.

Untuk pengelolaan tambang batubara dilakukan PT Reswara Minergi Harta, melalui dua anak usahanya yaitu PT Tunas Inti Abadi untuk Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Kalimantan Selatan dan PT Mifa Bersaudara untuk IUP di Aceh.

"Core aset ABM adalah coal. Kita punya perusahaan mining di TIA dan Mifa," kata Adrian, di lokasi pertambangan TIA, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Rabu (26/9/2018).

Adrian melanjutkan, selain memiliki anak usaha yang berperan sebagai operator tambang batubara. ABM juga memiliki anak usaha yang berperan sebagai sebagai kontraktor tambang batubara‎ yaitu PT Cipta Kridatama dan pengangkutan batubara PT Cipta Krida Bahari (CKB).

Sementara untuk penjualan batubara ABM dilakukan Reswara. "Dilihat dari ujung ke ujung adalah coal," imbuh dia.

‎Adrian mengungkapkan, dengan melibatkan anak usahanya dalam seluruh proses pertambangan batubara, membuat ABM Investama bertahan. Saat ini, perusahaan batubara lain menghentikan operasi, akibat anjloknya harga batubara.

"Saat 2015, harga coal begitu rendah salah satu yang beroperasi adalah kita. Kenapa kita bisa beroperasi karena kita beroperasi berkesinambungan," papar dia.

Menurut Adrian, cara tersebut membuat ABM Investama lebih efisien, selain melakukan perbaikan infrastruktur untuk membuat proses lebih efisien.‎

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Google Ulang Tahun ke-20, Doodle Tampil Warna-warni

Posted: 26 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Google merayakan hari jadinya yang ke-20 tahun pada hari ini, Kamis (27/9). Ulang tahun raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu juga dirayakan dalam animasi penuh warna di laman Google Doodle.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadi Ayah, Ini Ungkapan Bahagia Chicco Jerikho

Posted: 26 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Rumah tangga Chicco Jerikho dan Putri Marino semakin lengkap dengan kehadiran Surinala Carolina Jarumilind. Bayi berjenis kelamin perempuan itu lahir di salah satu rumah sakit di Jakarta, Senin (27/9/2018) pagi.

Chicco Jerikho pun mengungkap perjuangan Putri Marino ketika melahirkan. Pesinetron Bayu Cinta Luna itu mengaku jadi lebih sayang kepada Putri usai menemaninya bersalin.

"Pengalaman luar biasa. Dari awal benar-benar lihat proses lahiran normal dan langsung di depan mata saya. Saya takjub dengan istri saya. Bikin saya tambah sayang sama istri saya. Lihat pengorbanannya begitu sangat luar biasa sebagai perempuan," ungkap Chicco Jerikho kepada wartawan, Kamis (27/9/2018).

 

Simak juga video berikut ini:

Anugerah Terindah

Chicco Jerikho dan Putri Marino (@diabirthphoto)

Bagi Chicco Jerikho, kehadiran Surinala menjadi anugerah yang tak terhingga. Bahkan, ia mengaku tak pernah merasa sebahagia seperti mendengar tangisan pertama buah hatinya.

"Benar-benar merasa semuanya baru. Kayak enggak bisa digambarkan dengan kata-kata. Kebahagiaan yang belum pernah saya rasakan seumur hidup saya," kata Chicco Jerikho.

Doa Terbaik

Chicco Jerikho dan Putri Marino (@diabirthphoto)

Terakhir, tak lupa Chicco Jerikho memanjatkan doa terbaiknya untuk si kecil Surinala. "Semoga anak ini bisa tumbuh sehat, membanggakan orangtua dan orang sekitar. Serta bisa bermanfaat bagi masyarakat. Makasih untuk doa semuanya," ia menandaskan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Cara Melacak Smartphone Android dengan Google Maps

Posted: 26 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tips melacak smartphone Android dengan Google Maps, menjadi artikel terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com edisi Rabu (26/9/2018).

Selain itu, artikel tentang mundurnya Joy Wahydi dari kursi Dirut Indosat Ooredoo dan jawaban Ketua PSSI dalam sebuah wawancara yang dijadikan cuitan-cuitan kocak, juga menjadi artikel yang tak kalah hits.

Tanpa berbasa-basi, langsung saja simak ketiga berita tersebut berikut ini.

1. Cara Melacak Smartphone Android dengan Google Maps

Smartphone hilang dari jangkauan bisa dibilang merupakan salah satu 'mimpi buruk' bagi semua orang.

Jika kamu adalah salah satu yang merasakan kejadian ini, jangan panik dulu. Kamu ternyata bisa melacaknya hanya dengan bantuan aplikasi Google Maps. 

Belakangan diketahui kalau Google dapat melacak keberadaan smartphone pengguna yang hilang melalui aplikasi Google Maps.

Selengkapnya baca di sini

2. Joy Wahjudi Mundur dari Jabatan Dirut Indosat Ooredoo

Direktur Utama sekaligus CEO Indosat Ooredoo, Joy Wahjudi, mengundurkan diri dari jabatannya. Joy membenarkan kabar tersebut saat dikonfirmasi Tekno Liputan6.com, Rabu (26/9/2018).

"Iya, benar (mundur dari jabatan Direktur Umum Indosat Ooredoo)," demikian ucap Joy saat dihubungi melalui pesan singkat.

Joy mengatakan, saat ini dia masih menjabat hingga adanya Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang diselenggarakan pada 17 Oktober 2018.

"Saya saat ini masih menjabat hingga 17 Oktober nanti," katanya.

Selengkapnya baca di sini

3. Jawaban Ketua PSSI Saat Wawancara Viral Jadi Cuitan Kocak di Twitter

Beberapa hari ini, media sosial dipenuhi dengan lelucon kocak berbagai pertanyaan namun dijawab dengan satu jawaban yang sama.

"Apa urusan Anda menanyakan itu? Bukan hak Anda bertanya kepada saya," begitu bunyi jawaban yang menjadi viral di media sosial Twitter.

Rupanya, jawaban itu bersumber dari jawaban Gubernur Sumatera Utara sekaligus Ketua PSSI, Edy Rahmayadi, saat diwawancara oleh jurnalis di sebuah stasiun televisi.

Tak terima dengan salah satu pertanyaan jurnalis bernama Aiman Witjaksono, Edy Rahmayadi lalu menjawab dengan kata-kata di atas.

Video wawancara via video conference itu pun menjadi viral di media sosial.

Tak butuh waktu lama, tangan-tangan warganet yang iseng lalu menggunakan jawaban yang dikemukakan oleh Edy untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Topik "Siap Pak Edy" serta "Edy Rahmayadi" pun sempat memenuhi linimasa Twitter dan menjadi trending topic dua hari lalu. Seperti apa lucunya cuitan-cuitan warganet? Berikut pantauan Tekno Liputan6.com, Rabu (26/9/2018).

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Baru Tentang Kematian Haringga Sirla Menurut Menkominfo

Posted: 26 Sep 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aksi kekerasan suporter sepakbola yang berujung kematian Haringga Sirla mendapat perhatian khusus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan akan mengusut pelaku penyebaran video aksi kekerasan terhadap Haringga Sirla.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (27/9/2018), Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengaku menemukan fakta baru di balik kematian Haringga Sirla.

Rudiantara mensinyalir ada bentuk provokasi melalui penyebaran aksi kekerasan terhadap Haringga Sirla di media sosial. Tindakan pelaku yang mengunggah video kekerasan ke media sosial merupakan pelanggaran hukum.

Pengamat sepakbola Budiarto Shambazy mengakui media sosial juga ikut andil di balik aksi kekerasan yang dilakukan suporter. Budiarto Shambazy menambahkan media sosial harusnya digunakan untuk memajukan sepakbola Indonesia dan bukan untuk merusak serta menghancurkan olahraga paling digemari di Indonesia.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

8 Haji Asal Surabaya Masih Dirawat di Arab Saudi

Posted: 26 Sep 2018 08:54 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Delapan jemaah haji Indonesia asal Debarkasi Surabaya masih berada di Arab Saudi. Mereka sedang menjalani perawatan karena sakit. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Surabaya Jamal.

"Dari keseluruhan jamaah haji di berbagai kloter Debarkasi Surabaya yang telah dipulangkan ke Tanah Air, masih menyisakan delapan orang di Arab Saudi karena sakit," ujar Jamal, seperti dilansir Antara, Rabu (26/9/2018).

Dia menjabarkan, mereka yang masih menjalani perawatan medis di Arab Saudi adalah Kadi Paijo Sonto Kromo dari kloter 52 asal Kabupaten Trenggalek, Sumardi Kasbi Karto dari kloter 62 asal Kabupaten Nganjuk, Bambang Irianto Misin dari kloter 66 asal Kota Surabaya, dan Marsini Sumarto Tokarso dari kloter 74 asal Kabupaten Sidoarjo.

Lalu, ada pula Sampini Sardjo Syahlan dari kloter 76 asal Kabupaten Mojokerto, Mochamad Asik Ali dari kloter 76 asal Kabupaten Mojokerto, serta Matojah Sumodihardjo Ibrahim dan Dewi Chamidah Samsul Romli, keduanya dari kloter 80 asal Kabupaten Jombang.

"Kita doakan bersama, mudah-mudahan jemaah haji yang masih dirawat di Tanah Suci cepat sembuh dan segera kembali ke Tanah Air," ucapnya.

Menurut Jamal, pihaknya telah merampungkan pemulangan seluruh jemaah haji setelah kloter 83 asal Kota Surabaya telah tiba di Tanah Air dan semua juga sudah memasuki Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Jumlah Jemaah Haji

Jemaah haji Mandailing Natal merasakan kesedihan yang mendalam harus meninggalkan Tanah Suci. (Dream)

Jamal kemudian merinci seluruh jemaah dari kloter 1 hingga 83 dari Debarkasi Surabaya yang sudah tiba di Tanah Air berjumlah 36.973 orang. Mereka terdiri dari 36.558 jemaah haji dan 415 petugas haji.

Dia mengatakan, jemaah haji dari Debarkasi Surabaya yang meninggal dunia pada penyelenggaraan haji tahun ini sebanyak 68 orang. Mereka, kata Jamal, terbanyak berasal dari Provinsi Jawa Timur, yaitu 61 orang.

Sedangkan, empat jemaah haji lainnya dari Debarkasi Surabaya yang meninggal di Tanah Suci berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan seorang dari Bali.

"Selain itu dua jemaah meninggal dunia di ambulans saat perjalanan dari Bandara Internasional Surabaya di Juanda, Sidoarjo, menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya," jelas Jamal.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gara-Gara Pogba, Mourinho Bisa Kehilangan Dukungan di MU

Posted: 26 Sep 2018 08:53 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Legenda sepak bola Mesir, Mido, mengklaim Manajer Jose Mourinho bisa kehilangan dukungan hampir separuh skuat Manchester United (MU) jika terus berselisih paham dengan gelandang Paul Pogba.

Hubungan Pogba dan Mourinho memburuk pada musim ketiga mereka bersama-sama di MU. Hal itu terjadi karena manajer asal Portugal itu kesal dengan permainan Pogba.

Emosi Mourinho tak tertahankan setelah Pogba main tak maksimal saat MU lawan Wolverhampton. Ia kehilangan bola yang menyebabkan lawan bisa mencetak gol.

Pogba kemudian mengoceh di media dan mengkritik taktik sang manajer di laga lawan Wolverhampton. Mourinho kemudian melepas jabatan wakil kapten dari tangan pemain asal Prancis itu.

Mido menyebut bahwa hubungan keduanya sudah retak sejak musim lalu. Situasinya kemudian kian memburuk usai Piala Dunia 2018.

"Jika Anda melihat komentar pertama Mourinho tentang Pogba setelah Piala Dunia, Anda dapat memahami sedikit jenis hubungan yang mereka miliki," kata Mido kepada Sky Sports News.

"Hal pertama yang ia katakan adalah 'alasan Pogba tampil dengan sangat bagus untuk tim nasional adalah karena waktu yang singkat sehingga mudah untuk fokus, tetapi sekarang ia harus melakukannya dalam satu musim penuh'."

"Sebagai pemain, Anda berharap manajer Anda akan lebih mendukung jika Anda memenangkan turnamen besar. Piala Dunia adalah hal terbesar yang bisa Anda menangkan. Anda dapat mencium dari musim lalu bahwa hubungan itu tidak bagus," serunya.

 

40 Persen

Mido menambahkan bahwa Mourinho sudah mencoba membantu Pogba sekuat tenaga untuk bisa tampil lebih baik. Sebab menurut eks pemain Ajax ini Mourinho tahu bahwa ia tak boleh sampai tak bisa berdamai dan kehilangan gelandang 89 juta pound situ.

"Tapi Mourinho telah memainkannya di setiap pertandingan, ia membelinya dengan mahal dan ia membuatnya menjadi wakil kapten."

"Jadi Mourinho mencoba untuk memperbaiki segala sesuatunya dengan Pogba karena ia tahu jika ia kehilangan dirinya, ia kehilangan 40 persen dari ruang ganti. Pogba memiliki efek besar pada pemain muda, ia dekat dengan Lingard dan semua pemain muda Inggris," cetusnya.

"Mereka melihatnya sebagai idola bahkan jika usianya tidak jauh lebih tua dari mereka. Dengan kehilangan dirinya, ia tahu ia akan kehilangan dukungan 40 persen dari ruang ganti," tegasnya.

Sumber: bola.net

Saksikan video menarik di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahkamah Agung Buka 1.052 Lowongan CPNS, Buruan Daftar!

Posted: 26 Sep 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Agung membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memiliki integritas dan komitmen tinggi untuk mengisi 1.052 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Mahkamah Agung 2018.

Sekretaris Mahkamah Agung selaku Ketua Panitia Pengadaan CPNS, A.S. Pudjoharsoyo, dalam pengumumannya tanggal 19 September 2018 menyebutkan, 1.052 formasi itu terdiri atas:

- 914 formasi umum;

- 105 formasi untuk lulusan terbaik (cumlaude);

- 22 formasi untuk Disabilitas;

- 11 formasi untuk putra-putri terbaik Papua dan Papua Barat.

Adapun jabatan yang tersedia adalah: Analis Perkara Peradilan (325), Analis Sumber Daya Manusia Aparatur (462), Pengelola Sistem dan Jaringan (184), Pranata Komputer Ahli Pertama (53),dan  Analis Kepegawaian Ahli Pertama (100).

Adapun kualifikasi pendidikan untuk jabatan tersebut mulai S1 Ilmu Hukum, Administrasi Negara/Publik, Psikologi, Ekonomi (Manajemen, Akuntansi, Pembangunan), Ilmu Komputer (termasuk DIV dan DIII), Tehnik Informatika (DIV dan DIII), Sistem Informasi, Teknik Komputer,  Ilmu Kepegawaian, Ilmu Politik, Ilmu Sosiologi, dan Ilmu Pemerintahan.

"Pendaftaran dilakukan secara online melalui http://sscn.bkn.go.id tanggal 26 September – 10 Oktober 2018,"jelas Pudjoharsoyo dikutip dari laman Setkab, Kamis (27/9/2018)..

Menurut Sekretaris Mahkamah Agung itu, 1.052 CPNS yang akan direkrut itu nantinya akan ditempatkan di seluruh satuan kerja Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di bawahnya.

Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Mahkamah Agung Tahun 2018 ini dapat menghubungi helpdesk SSCN BKN atau helpdesk Mahkamah Agung pada Call Center dan WhatsApp: 0821-2321-4548 atau email: cpns.mahkamahagung@gmail.com.

Ini Panduan Video Cara Daftar CPNS di Portal Sscn.bkn.go.id

cpns

Para pelamar CPNS 2018 sudah bisa mendaftar melalui situs SSCN sejak 26 September 2018. Dalam satu hari, sudah ada 555.048 yang melakukan pelamaran.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun masih terus membantu para peminat seleksi CPNS untuk mendaftar lewat situs https://sscn.bkn.go.id. Salah satunya lewat bantuan tutorial video.

Dalam video berdurasi 5:23 menit tersebut, seorang tim IT dari BKN bernama Aliyah Zahira memberikan langsung instruksi mengenai pendaftaran.

Tata cara mulai dari registrasi, pemilihan foto resmi dan selfie, cara masuk formasi, dan cara mengunggah dokumen-dokumen yang tersedia. Setelah selesai, ditunjukkan bukti pendaftaran yang harus disimpan.

Jika tertarik untuk menontonnya, klik di sini.

Sekadar informasi, sejauh ini baru 30 persen dari instansi yang memberikan formasi mereka di SSCN. Semua instansi baru akan merampukannya sebelum batas akhir 10 Oktober 2018. Yang berarti, kesempatan ikut seleksi CPNS masih terbuka lebar bagi para peminat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Timnas Indonesia U-16 Waspadai Kapten India

Posted: 26 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 sudah siap menghadapi India di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Kamis (27/9/2018) pada fase Grup C Piala AFC U-16.

Tentunya, ini menjadi laga penting untuk Timnas Indonesia U-16 memantapkan langkah ke fase gugur. Saat ini, tim berjulukan Garuda Asia itu berada di puncak klasemen Grup C dengan raihan empat poin.

Jelang pertandingan ini, kapten Garuda Asia, David Maulana mewaspadai seorang pemain India, Vikram Partap Singh. Menurutnya, kapten India U-16 itu merupakan motor serangan tim asuhan Bibiano Fernandes.

"Kaptennya (Vikram Partap Singh), strikernya juga bagus-bagus semua. Mereka serangannya juga bagus," katanya dikutip dari situs resmi PSSI.

Kendati demikian, David Maulana enggan memberikan kawalan khusus kepada Vikram Partap. Pemain asal Aceh ini fokus ke permainan tim ketimbang mewaspadai seorang pemain lawan.

"Timnas Indonesia U-16 fokus untuk memenangkan pertandingan. Kami semua sudah sangat siap. Karena kami harus menang untuk lolos, seri juga sebenarnya kami lolos, tapi kami tidak mau seri, kami harus menang," ucap David Maulana

 

Main Aman

Pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini. (AFC)

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini menegaskan, anak asuhnya bakal bermain aman. Pasalnya, Garuda Asia hanya membutuhkan hasil imbang untuk lolos ke fase gugur.

"Saya tegaskan sekali lagi, kami akan main maksimal lawan India. Karena buat kami tentu akan lebih aman kalau kami memenangkan laga," ujar Fakhri.

"Semua pemain sudah siap tampil dan kami berupaya untuk mendapatkan hasil yang maksimal," katanya menambahkan. 

Rotasi Pemain

Fakhri memastikan akan merotasi skuatnya saat menghadapi India. "Pasti ada rotasi karena beberapa pemain berlaga penuh di dua pertandingan menghadapi Iran dan Vietnam. Namun, saya akan melihat kondisi terakhir mereka," tutur pelatih asal Aceh tersebut.

Indonesia hanya membutuhkan satu poin dari pertandingan melawan India untuk lolos ke perempatfinal Piala AFC U-16 2018.Indonesia saat ini memuncaki klasemen Grup C dengan empat poin, sama seperti India namun unggul selisih gol.

Sementara di peringkat ketiga dan keempat bertengger Vietnam serta Iran yang baru mengoleksi satu poin hasil dari dua laga.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Berat Badan 45 Kilogram, Tike Priatnakusumah Bikin Ngakak

Posted: 26 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tike Priatnakusumah merupakan salah satu host yang dikenal bukan karena pembawaannya yang lucu saja, tapi juga memiliki bentuk tubuh yang cukup gemuk. Untuk itu, ia bertekad pada 2019 nanti sudah bisa ganti ukuran baju.

Presenter 30 tahun ini pun sampai rela tak mengonsumsi makanan kesukaannya kala berada di Singapura. Walau sedih, semuanya ditahan oleh Tike Priatnakusumah.

Untuk mengetahui dirinya mengalami penurunan berat badan atau tidak, Tike Priatnakusumah tak jarang mengecek dengan timbangan badan.

Tike Priatnakusumah pun memperlihatkannya kepada penggemar melalui akun Instagram. 

Bikin Kaget

Tike Priatnakusumah (Foto: Instagram)

Seperti beberapa hari lalu, Tike Priatnakusumah menimbang berat badannya. Betapa kagetnya ia melihat berat badannya hanya 45 kilogram.

"Timbangan badan bikin kaget, ..... 45 kg kirain sudah kurus... Ternyata kaki sebelah belum naik," salah satu unggahan Tike.

Tike pun menuliskan keterangan, "Hampir ge-er #myhealtyjourney #2019gantiukuran." 

Bikin Ngakak

(Instagram/tikeprie)

Postingan Tike Priatnakusumah ini pun langsung dikomentari warganet. Tak sedikit yang mengalami nasib sama dengan teman duet Ronald Surapradja ini. Tapi ada juga yang ngakak melihat unggahan tersebut.

"Ya ampuuuunnn kok ini aku banget teh haha," terang akun @retnohening.

"Hihi teteh bisa aja ...tawa bacanya," tambah akun @ymeidy.

"wkwkwkwk sabar ya mama tike , anov bantu doa biar mama cepet kurus #2019 ganti ukuran baju," timpal akun @emyaldrin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Tahan Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut

Posted: 26 Sep 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan anggota DPRD Sumatera Utara sekaligus Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut M Faisal yang telah ditetapkan tersangka atas kasus suap anggota DPRD Sumut periode 2009-2014 dan 2014-2019.

"Ditahan 20 hari pertama di Rutan Polres Jakarta Timur," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Sebelumnya, Faisal terlebih dahulu menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta setelah ditangkap pada Rabu 26 September siang di Medan.

Penangkapan dilakukan karena Faisal tidak kooperatif ketika dipanggil KPK terkait kasus suap anggota DPRD Sumut. Sebelumnya dua kali tidak datang untuk diperiksa oleh lembaga antirasuah itu.

Antara melansir, usai menjalani pemeriksaan, Faisal yang keluar dari Gedung KPK, Jakarta pada Kamis dini hari itu memilih bungkam saat dikonfirmasi awak media seputar kasus yang menjeratnya itu.

Selain Faisal, KPK sebelumnya juga telah menahan 21 orang baik mantan maupun anggota DPRD Sumut dari 38 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus suap tersebut. Ke-21 tersangka yang telah ditahan sebelumnya antara lain Rijal Sirait, Rinawati Sianturi, Rooslynda Marpaung, Fadly Nurzal, Sonny Firdaus, Muslim Simbolon, Helmiati, Mustofawiyah, Tiaisah Ritonga, Arifin Nainggolan, Elezaro Duha, Tahan Manahan Pangabean, dan Passiruddin Daulay.

Selanjutnya, Biller Pasaribu, John Hugo Silalahi, Richard Eddy Marsaut, Syafrida Fitrie, Restu Kurniawan Sarumaha, Musdalifah, Rahmianna Delima Pulungan, dan Abdul Hasan Maturidi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Suap Terkait 4 Hal

KPK pada 3 April 2018 telah mengumumkan 38 anggota DPRD Provinsi Sumut sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi memberi atau menerima hadiah terkait fungsi dan kewenangan anggota DPRD Sumut 2009-2014 dan/atau 2014-2019. Mereka diduga menerima hadiah atau janji dari mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Puji Nugroho.

Pertama, terkait dengan persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemprov Sumut Tahun Anggaran 2012-2014 oleh DPRD Provinsi Sumut.

Kedua, persetujuan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Sumut Tahun Anggaran 2013 dan 2014 oleh DPRD Provinsi Sumut.

Ketiga terkait pengesahan APBD Provinsi Sumut Tahun Anggaran 2014 dan 2015 oleh DPRD Provinsi Sumut.

Terakhir, terkait penolakan penggunaan hak interpelasi oleh DPRD Provinsi Sumut pada 2015.

KPK mendapatkan fakta-fakta yang didukung dengan alat bukti berupa keterangan saksi, surat, dan barang elektronik bahwa 38 tersangka itu diduga menerima "fee" masing-masing antara Rp300 sampai Rp350 juta dari Gatot Pujo Nugroho terkait pelaksanaan fungsi dan wewenang sebagai anggota DPRD Provinsi Sumut.

Atas perbuatannya, 38 tersangka tersebut disangkakan melanggar pasal 12 huruf a atau b atau pasal 11 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 64 ayat 1 dan pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Kota Maybrat Berpindah dari Ayamaru ke Kumurkek

Posted: 26 Sep 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo, mengatakan bahwa masalah penentuan ibu kota Maybrat sudah selesai. Ibu kota Maybrat sudah dipindah dari Ayamaru ke Kumurkek. 

"Kebetulan seminggu lalu sudah selesai. Ibu kota Maybrat dipindah dari Ayamaru ke Kumurkek. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan perdamaian adat," ujarnya, di Kantor Ombudsman, Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Menurut Tjahjo, perdamaian adat akan diutamakan karena penentuan ibu kota ini telah melewati proses cukup lama.

"Perdamaian adat adalah hal yang sangat diutamakan selain aspek hukumnya. Alhamdulilah setelah mengalami proses selama 8 tahun, akhirnya persoalan ini selesai," ucapnya.

Perdamaian adat akan dilaksanakan pada Rabu (3/10/2018) di Maybrat. Dalam kesempatan tersebut, Tjahjo berencana mengundang Ketua Ombudsman untuk ikut serta menyaksikan.

"Nanti tanggal 3 Oktober 2018 saya akan ke sana menyaksikan, saya juga mengundang Ketua Ombudsman untuk melihat ini sudah selesai," kata dia.

Tidak lupa dalam kesempatan tersebut, Tjahjo menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah ikut serta memperhatikan bangsa sampai akhirnya persoalan di Maybrat telah selesai.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah ikut serta memperhatikan bangsa, Gubernur Papua Barat, Forkopimda Papua Barat, BIN, Kepolisan, TNI, Bupati Maybrat, pimpinan/anggota DPRD serta aparatur Pemda Kabupaten Maybrat,Tokoh Adat, Tokoh Agama, dan lain sebagainya," tutupnya.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Donald Trump: China Berusaha Ikut Campur di Pemilu AS

Posted: 26 Sep 2018 08:34 PM PDT

Liputan6.com, New York - Membuka pertemuan Dewan Keamanan PBB di New York, yang diadakan untuk membahas penentangan senjata nuklir, kimia, dan biologi, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menuduh China mencoba ikut campur, tanpa memberikan bukti khusus.

"Sayangnya, kami menemukan bahwa China telah mencoba ikut campur dalam pemilihan pada November 2018 mendatang, mereka menentang pemerintahan saya," kata Donald Trump.

"Mereka tidak ingin saya atau kami menang, karena saya adalah presiden pertama yang pernah menantang China dalam perdagangan. Dan kami menang dalam perdagangan, kami menang di setiap level. Kami tidak ingin mereka ikut campur dalam pemilihan mendatang kami," lanjut Donald Trump panjang lebar, sebagaimana dikutip dari BBC, Kamis (27/9/2018).

Sebagai tanggapan, Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kepada DK PBB bahwa "Tiongkok telah mengikuti prinsip non-interferensi di urusan domestik negara lain."

"Ini adalah tradisi kebijakan luar negeri China," tegasnya membalas argumen Donald Trump.

Dia melanjutkan, "Kami tidak akan ikut campur dalam urusan domestik negara mana pun. Kami menolak untuk menerima tuduhan tidak beralasan apa pun terhadap China."

Tidak tinggal diam, Donald Trump kemudian mengunggah beberapa foto di Twitter, yang menunjukkan beberapa pemberitaan di koran China, yang dituding sebagai propaganda melawan AS.

Ditanya oleh media mengenai bukti gangguan China dalam agenda midterm election atau dikenal dengan sebutan pemilu paruh waktu, Donald Trump mengatakan tidak bisa membocorkan bukti, tapi menegaskan bahwa hal tersebut akan terkuak dengan sendirinya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Bagaimana hubungan AS-China?

Presiden AS, Donald Trump menjabat tangan Presiden China, Xi Jinping saat jamuan makan malam di resor Mar a Lago, Florida, Kamis (6/4). Kedua pemimpin negara tersebut diagendakan akan menghabiskan waktu bersama secara privat. (AP Photo/Alex Brandon)

Presiden Donald Trump telah terlibat konflik perdagangan yang terus meningkat dengan China dalam beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya pada September, Trump mengarahkan para pejabat untuk mengenakan tarif pada US$ 200 miliar (setara Rp 2.983 triliun, dengan kurs US$ 1 = Rp 14.915) terhadap barang-barang China, di mana hal itu merupakan langkah terbaru untuk memerangi apa yang dikatakan AS sebagai praktik perdagangan tidak adil.

Tarif yang dikenakan oleh AS kepada barang-barang China telah mencapai US$ 50 miliar (setara Rp 745 triliun) saat ini, dan hal tersebut dibalas dengan nilai hampir serupa oleh Beijing terhadap impor dari Negeri Paman Sam.

Pada Juli, pemerintahan Trump memperkenalkan rencana dana talangan senilai US$ 12 miliar (setara Rp 178 triliun) untuk membantu para petani yang bisnisnya telah dirugikan oleh China, dengan menambahkan retribusi timbal balik pada produk pertanian seperti kedelai.

Hubungan militer juga telah berubah setelah Washington menjatuhkan sanksi terhadap militer China karena membeli peralatan senjata dari Rusia, sebagai hukuman atas "kegiatan-kegiatan jahat" negara itu.

Sebagai tanggapan, Beijing memanggil seorang kepala angkatan laut dari kunjungan ke AS dan menunda pembicaraan militer.

Beijing juga memblokir sebuah kapal Angkatan Laut AS dari dermaga pusat di Hong Kong.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga Uno Hormati Pilihan Politik Yenny Wahid Dukung Jokowi

Posted: 26 Sep 2018 08:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno sangat menghormati keputusan Yenny Wahid yang telah mendeklarasikan diri mendukung pasangan calon nomor urut 1, Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Kamis (27/9/2018), Sandi menyebut dia dan Prabowo Subianto yakin keputusan yang diambil Yenny berdasarkan pemikiran matang.

Meski Yenny telah menentukan pilihannya dan tak mendukung pasangan Prabowo-Sandi, pihaknya mengaku akan terus berkomitmen untuk menjalankan dan menjaga apa yang telah dititipkan Shinta Wahid dan Yenny ketika mereka bertemua beberapa waktu lalu.

Sandi juga mengucapkan terima kasih kepada Yenny yang telah merekomendasikan 10 nama untuk dimasukan dalam Badan Pemenangan Nasional.  (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Fakta Menyedihkan di Balik Kematian Harimau Sumatera di Tepi Jurang Muara Lembu

Posted: 26 Sep 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Pekanbaru - Harimau sumatera liar yang tewas terjerat kawat baja di Provinsi Riau ternyata tengah berbadan dua alias bunting. Karena kejadian itu janin yang seharusnya menjadi regenerasi bagi satwa terancam punah tersebut, ikut mati bersama induknya.

Kondisi itu terungkap setelah tim medis melakukan nekropsi atau bedah bangkai di beranda klinik transit Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, di Kota Pekanbaru, Rabu, 26 September 2018, malam.

Ketika dokter hewan membedah perut harimau sumatera betina itu, ditemukan janin yang sudah mulai terbentuk utuh. Diagnosa juga menunjukkan ada sejumlah organ dalam di tubuh harimau yang rusak akibat jerat baja melilit perutnya.

Jerat kawat baja itu diperkirakan sudah sekitar empat hari menyiksa harimau sumatera sebelum satwa belang itu akhirnya mati. Bahkan, petugas sempat kesulitan memotong jerat kawat baja itu karena cukup tebal.

Jerat kawat baja sangat berbahaya bagi satwa karena ketika korban semakin meronta, maka ikatannya makin kuat mencengkeram tubuhnya.

"Ini sangat mengerikan karena harimau ini pastinya tersiksa ketika meronta sebelum akhirnya mati lemas. Pelaku layak dihukum berat," ujar Kepala BBKSDA Riau Suharyono, dilansir Antara.

 

Ancaman bagi Sang Penjerat

Keluarga Harimau Sumatera sedang bercengkerama di hutan (Liputan6.com / M.Syukur)

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, lanjut Suharyono, pelaku bisa dihukum penjara selama lima tahun dan denda Rp 100 juta.

"Kami sangat menyayangkan kematian satwa yang dilindungi tersebut, apalagi satwa betina dewasa yang siap untuk melahirkan anak harimau selanjutnya," katanya.

Ia menjelaskan kronologis kasus tersebut bermula pada Selasa, 25 September 2018, pukul 10.30 WIB, pihaknya menerima laporan dari masyarakat tentang adanya harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) liar yang terjerat di perbatasan Desa Muara Lembu dan Pangkalan Indarung, Kabupaten Kuantan Singingi.

Suharyono kemudian memerintahkan tim Rescue Bidang KSDA Wilayah 1 menuju tempat itu untuk melakukan penyelamatan. Namun, petugas tidak menemukan satwa belang itu di lokasi jerat. Petugas hanya mememukan dua jerat yang terbuat dari tali nilon.

Kemudian pada penyisiran hari kedua, Rabu, 26 September 2018, sekitar pukul 12.30 WIB, tim Rescue menemukan bangkai harimau sumatera menggantung di pinggir jurang dengan jerat kawat baja membelit perutnya.

"Diperkirakan harimau tersebut berhasil meloloskan diri dari jerat, namun tali jerat tersangkut di semak dan membelit pinggangnya sehingga menggantung di tepi jurang dan membuatnya mati," kata Suharyono.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: