Kamis, 06 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Cerita Wagub Uu Kebagian Turun ke Desa

Posted: 06 Sep 2018 11:01 PM PDT

Liputan6.com, Bandung Mulai hari ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum resmi bertugas di Gedung Sate. Uu mengaku pihaknya diberi amanah oleh Ridwan Kamil atau Emil untuk menangani masyarakat di pedesaan.

Untuk itu, Uu akan menjalin komunikasi dengan masyarakat desa. Hal itu juga menjadi salah satu program 100 hari kerja Emil-Uu.

"Semuanya sudah ada kesepakatan-kesepakatan dengan Kang Emil (terkait pembagian tugas). Memang dalam undang-undang sudah diatur," kata Uu, Kamis (6/9/18).

"Ada beberapa tugas yang diberikan kepada kami dalam menjalankan roda pemerintahan di Provinsi Jawa Barat," lanjutnya.

Uu mengatakan, bahwa dirinya akan melakukan silaturahim dengan masyarakat pedesaan, serta berkomunikasi dengan komunitas-komunitas keagamaan yang ada di Jawa Barat.

"Antara lain, Kang Emil sudah meminta seperti itu (komunikasi dengan masyarakat desa). Pak Uu ditugaskan untuk berkomunikasi dengan seluruh lapisan masyarakat dan masyarakat yang ada di pilemburan, komunitas-komunitas keagamaan, juga yang lainnya," paparnya.

Selain itu, hal pertama yang akan dilakukan Uu sebagai Wagub Jawa Barat adalah bersilaturahim dengan seluruh pimpinan OPD Pemda Provinsi Jawa Barat.

"Kami yang akan datang ke berbagai kantor (pimpinan OPD), termasuk dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Jawa Barat," tuturnya.

Di bawah kepemimpin Emil dan Uu, Jawa Barat berkomitmen untuk membangun Jabar lebih sejahtera, meningkatkan ekonomi masyarakat, dan pelayanan kesehatan juga pendidikan.

"Keinginan kami hampir sama dengan keinginan pemerintahan sebelumnya, yaitu membangun Jawa Barat lebih sejahtera, peningkatan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan. Cuman dengan cara dan teknis yang berbeda," tegasnya.

Oded jadi Plt Wali Kota Bandung

Sementara itu Ridwan Kamil mengeluarkan keputusan pertamanya sebagai Gubernur Jawa Barat pasca sehari dilantik. Usai menerima penyerahan jabatan Gubernur Jabar dari Mochamad Iriawan, Emil langsung memanggil Wakil Walikota Bandung Oded M. Danial dan Wakil Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto ke Gedung Sate Bandung.

Emil menugaskan keduanya untuk menjadi Pelaksana tugas (Plt) pada daerahnya masing-masing yang dituangkan melalui surat keputusan Gubernur.

"Hari ini saya mengambil keputusan pertama sebagai Gubernur Jabar yaitu menyerahkan formulir terkait pengangkatan Pelaksana tugas (Plt) Kota Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya, karena jangan sampai terjadi kekosongan pemerintahan dan tidak bolah ada rangkap jabatan," ujarnya.

Oded dan Agus akan menjadi Plt hingga dilantiknya kepala daerah definitif. Seperti diketahui setelah Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dilantik menjadi Gubernur dan Wagub Jabar periode 2018-2023, otomatis ada kekosongan jabatan Walikota Bandung dan Bupati Tasikmalaya.

Oded yang sebelumnya adalah Wakil Walikota Bandung akan menjadi Plt Walikota sampai akhir masa jabatan yaitu tanggal 16 September 2018.

"Oded M. Danial akan menjadi Plt Walikota sampai berakhirnya jabatan yaitu 16 September 2018," kata Emil.

Rencananya Walikota Bandung definitif akan dilantik pada tanggal 20 September 2018. Untuk itu, kata Emil, dari tanggal 16 sampai 20 September akan ada pelantikan Penjabat Walikota Bandung. Kemungkinan besar, lanjutnya, M. Solihin akan kembali dilantik menjadi Pj Walikota selama empat hari.

"Kalau Pak Oded dilantik sebagai Walikota Bandung definitif tanggal 20 September 2018 maka selama tanggal 16-20 September itu akan ada Penjabat Walikota yang kemungkinan oleh Pak Solihin lagi. Setelah tanggal 20 Pak Oded akan melanjutkan secara resmi sebagai Walikota Bandung definitif," jelasnya.

Sedangkan di Tasikmalaya, Ade Sugianto yang sebelumnya adalah wakil dari Uu Ruzhanul Ulum, akan menjadi Plt Bupati hingga dilantiknya Bupati definitif. Bedanya, masa jabatan Plt Bupati Agus Sugianto berakhir sampai tahun 2021.

Untuk itu, Emil meminta Agus secepatnya berkordinasi dengan DPRD untuk menentukan Wakil Bupatinya. Dengan begitu maka Agus akan menjadi Bupati Tasikmalaya definitif bersama wakil yang diusungnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Abaikan Vaksin MR, Ibu yang Kena Rubella Bisa Lahirkan Bayi Cacat

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Vaksin Measles Rubella (MR) memberikan perlindungan terhadap penyakit Campak dan Rubella. Bila tak mendapat vaksin, anak berpotensi terkena penyakit campak yang bisa menyebabkan radang paru-paru dan encephalitis (radang otak). Pasien pun bisa meninggal.

Pemberian vaksin MR bukan hanya melindungi anak, namun juga memberi perlindungan pada ibu hamil dari penyakit campak dan rubella.

"Ini untuk memutus mata rantai rubella agar tidak menular pada ibu yang akan hamil atau sedang hamil," kata Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Soedjatmiko saat ditemui di Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, ditulis Jumat (7/9/2018).

Ibu hamil yang terkena virus rubella dapat menyebabkan bayi baru lahir cacat. Kondisi ini dikenal dengan sindroma rubella kongenital. Akibatnya bayi dapat mengalami pengapuran otak, tuli, kelainan jantung, dan keterlambatan perkembangan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Tingkatkan kekebalan

Sebaiknya lakukan vaksin sebelum hamil. (iStockphoto)

Imunisasi MR tahap kedua yang sedang dilaksanakan serentak di 28 provinsi di luar Pulau Jawa pada 1 Agustus hingga September 2018 merupakan upaya pemerintah mencegah anak-anak terkena campak dan rubella.

Sasaran imunisasi MR adalah anak-anak usia 9 bulan sampai 15 tahun. Bila cakupan vaksin mencapai 90 persen maka kekebalan komunitas akan tercapai. Dengan begitu, anak dan ibuu hamil pun terhindar dari rubella.

Di sisi lain, ibu hamil tidak boleh diberikan imunisasi MR. Soedjatmiko mengatakan, kandungan vaksin dapat memengaruhi janin dan menimbulkan infeksi yang tak diinginkan.

Demi melindungi janin dan kehamilan berjalan lancar, wanita dapat melakukan imunisasi MR sebelum hamil.

"Kalau mau ya lakukan sebelum hamil. Kalau pas hamil tidak boleh," Soedjatmiko melanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Doa Ayah Pesilat Peraih Emas Asian Games 2018 Terkabul

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Ponorogo - Doa ayah pesilat asal Ponorogo, Aji Bangkit Pamungkas untuk melihat anaknya meraih emas di Asian Games 2018 terkabul. Bahkan, keberhasilan anaknya ini juga mengantarkan dia menunaikan ibadah haji.

Aji tampil di cabor pencak silat Asian Games 2018 pada kelas 85-90 kg. Di final, dia mengalahkan pesilat asal Singapura, Sheik Ferdous Sheik Alauddin dengan skor telak 5-0.

"Saya bersyukur sekali. Dulu saya pernah ngomong sambil guyon. Le (nak), kamu besok kalau bisa juara dunia, ayah bisa naik haji. Dan Alhamdulillah," kata ayah Aji Pamungkas, Agus Widodo seperti dikutip antara.

Aji Pamungkas sendiri mengaku sudah berniat untuk memberi zakat dan menghajikan kedua orang tuanya usai mendapatkan bonus Asian Games 2018.

"Saya akan menunaikan dulu kewajiban saya, yaitu membayar zakat dan berbagi kepada yang kurang mampu," katanya.

Setelahnya, dia ingin mendaftarkan orangtuanya, Agus Widodo dan Anis Nurul Aini, untuk menunaikan ibadah haji.

"Selain membayar zakat, saya akan segera memberangkatkan kedua orangtua saya untuk beribadah haji," ujar Aji.

Bonus Lainnya

Pesilat Indonesia Aji Bangkit Pamungkas (merah) bertanding melawan pesilat Singapura Sheik Alauddin (biru) dalam babak final Kelas I Putra Asian Games 2018 di TMII, Jakarta, Senin (27/8). Aji berhasil merebut medali emas. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Selain mendapatkan bonus Rp1,5 miliar dari pemerintah pusat, Aji yang di Asian Games berhasil mengalahkan pesilat Singapura Sheik Ferdous Sheik, juga menerima bonus Rp100 juta dari Pemerintah Kabupaten Ponorogo dan Rp10 juta dari Bank Jatim.

Seluruh atlet yang mengikuti Asian Games 2018, utamanya yang meraih medali memang sedang bersuka cita. Selain bonus dari pemerintah pusat, para atlet juga mendapatkan bonus dari pemerintah daerh masing-masing.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

OPINI: Hanya Refinancing Risk, Bukan Menuju Krisis ala 1998

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Melalui sosial media, pemerintah dan sejumlah media aktif melakukan semacam pencerahan dengan membandingkan data makroekonomi 1998, 2008 dan 2018.

Edukasi semacam ini perlu terutama mengingat begitu banyak anggota masyarakat yang hanya membandingkan angka nominal kurs rupiah tahun 1998 dan 2018 tanpa memahami dinamika yang melatarinya.  

Melalui tulisan ini, saya ingin menekankan bagian yang paling penting yang perlu diangkat untuk lebih menegaskan, Insya Allah, perkembangannya tidak mengarah kepada krisis ekonomi ala 1998.

Saya sendiri menapaki karier sebagai ekonom professional di Bahana Securities mulai tahun 1997 atau menjelang krisis. Selama lebih dari 20 tahun saya mempelajari mengapa krisis ekonomi terjadi, berapa ongkos dan dampaknya, serta - terpenting - menduga krisis ekonomi yang bakal mendera Indonesia.

Pada akhirnya, saya menyakini inspirasi inklusif kisah Nabi Yusuf yang secara paralel diabadikan melalui Perjanjian Lama dan Al Quran memberikan panduan untuk mencegah krisis.

Memang betul faktor internal defisit neraca berjalan kita dan penguatan dolar Amerika Serikat eksternal saat ini menjadi pra-kondisi fundamental yang mengawali krisis moneter 1998, seperti terlihat pada peraga di bawah ini. 

Walaupun tidak dapat dipungkiri situasi sekarang menuntut kesigapan dan ketepatan  pemerintah untuk menurunkan defisit  agar badai krisis dapat dilalui.

Grafik pergerakan indeks dolar the Fed dan penyaluran kredit (Foto: Dok Pribadi)

Krisis moneter 1998 bermula dari currency crisis pelemahan tajam rupiah yang dengan menjalar menjadi krisis perbankan yang melemahkan fungsi intermediasi keuangan.

Tidak bekerjanya fungsi intermediasi keuangan, tidak hanya memperlambat pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berisiko memicu kehancuran aset keuangan yang menjadi penopang kemakmuran bangsa.

Krisis nilai tukar rupiah saat itu dilandasi oleh rupiah overvalued yang dipertahankan melalui sistem nilai tukar tetap yang secara struktural tidak sepadan dengan tren penguatan dolar Amerika Serikat.

Risiko depresiasi rupiah yang dikendalikan pemerintah kemudian memicu aksi moral hazard sektor korporasi dan perbankan yang turut mengakumulasi utang luar negeri.

Indonesia saat itu belum ada ada tata kelola utang negara khususnya luar negeri, selain penguatan sistem administrasi untuk pemungutan pajak. Apalagi mobilisasi pembiayaan bisnis dalam negeri non-perbankan melalui pasar modal juga terbatas.

Pada masa itu, pengawasan perbankan sangat lemah sehingga bank menyalurkan kredit terlalu pesat dan ceroboh. Ada dua ketidaksepadanan (mismatch) yang berbahaya yakni meminjam valas dalam jangka pendek untuk membiayai proyek investasi rupiah jangka panjang.

Ketika kurs rupiah akhirnya melemah mengikuti mata uang regional, kondisi keuangan perusahaan dan perbankan dengan cepa tmemburuk. Beban utang naik dan nilai aset turun.

Bagi dunia bank saat itu berlaku peribahasa nothing right in the left and nothing left in the right. Sebelah kiri jadi aset bodong. Sebelah kanan deposan narik dananya. Sebagai akibatnya modal tergerus yang harus dibenahi melalui kebijakan rekapitalisasi perbankan yang secara sosial sangat mahal biayanya.

Kini pengawasan perbankan jauh lebih baik dengan kecukupan modal yang melebihi standar internasional. Negara sudah memiliki manajemen berutang yang lebih transparan dan cermat dengan maksimum defisit hanya 3 persen PDB. Sistem nilai tukar juga sudah mengambang yang menyadarkan perusahaan akan bahaya currency risk bila berutang.

 

New Normal Picu Refinancing Risk

Memburuknya sentimen terhadap negara berkembang menyusul kejatuhan mata uang Argentina, Turki dan Brasil berimbas kepada nilai tukar rupiah. Kendati mengalami defisit neraca berjalan yang lebih rendah ketimbang Argentina dan Turki, mata uang rupiah turut tertekan hingga melewati angka 15 ribuan.

Penyebab pelemahan adalah akibat keluarnya aliran modal asing yang selama ini sangat dibutuhkan untuk membiayai defisit neraca berjalan (refinancing risk).

Hal ini sangat terkait erat menyusul kenaikan pesat suku bunga luar negeri jangka pendek yang dilatari kekhawatiran the Fed akan terus mengetatkan likuiditas. Aksi the Fed ini sejalan dengan membaiknya prospek pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat. Berakhirnya suku bunga rendah adalah kenyataan "new normal" yang harus dihadapi.

Walaupun demikian, likuiditas global terbilang tetap melimpah seperti ditunjukkan oleh yield obligasi di sejumlah negara maju yang rendah (Untuk tenor 10 tahun di Jepang 0,14 persen dan di Jerman 0,4 persen). Yang sesungguhnya terjadi adalah kenyataan negara berkembang harus membayar lebih mahal untuk membiayai defisit neraca berjalan.

Beragam upaya stabilisasi yang tengah dilakukan pemerintah sangat terkait upaya untuk menurunkan refinancing risk dalam jangka panjang. Sebab pemerintah menghadapi tiga tantangan yang membutuhkan penanganan yang seimbang.

Tantangan pertama bersifat pro-growth yang diraih dengan penguatan infrastruktur terutama untuk memacu ekspor. Sayangnya upaya pembenahan infrastruktur ini disertai peningkatan defisit neraca perdagangan mengingat banyak barang modal yang harus diimpor.

Tantangan kedua terkait dengan pro-poor mengingat kita menghadapi ketimpangan kemakmuran yang melebar paska era Reformasi.  Untuk ini pemerintah mengalokasikan dana yang lebih banyak untuk bantuan sosial, dana pendidikan, kesehatan dan pertahanan.

Tantangan yang ketiga adalah fiscal substainability terkait mahalnya biaya berutang keluar negeri yang mengurangi keleluasaan pemanfaatan anggaran untuk dalam negeri. Cukup beralasan mengingat dalam APBN 2018 sekitar 12,5 persen pengeluaran merupakan alokasi untuk pembayaran bunga dan cicilan pokok.

 

Budi Hikmat, Director for Investment Strategy

PT Bahana TCW Investment Management

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Yuk Mengenal Peradaban di Jambi Lewat Festival Sungai Batanghari

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jambi Provinsi Jambi bersiap meramaikan agenda pariwisata nasional. Yaitu melalui Festival Sungai Batanghari atau Batanghari River Festival 2018. Event ini akan diselenggarakan 22-25 September 2018. Yaitu di kawasan Tanggo Rajo, Kota Jambi.

Festival yang masuk Top 100 Calendar of Event (CoE) nasional, akan diisi aneka kegiatan seru. Seperti pertunjukan seni Jambi, kompetisi tari, kompetisi band, pameran dan bazar, pertunjukan panggung dan kompetisi memasak makanan tradisional.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai, Festival Sungai Batanghari 2018 akan semakin menambah daya tarik wisata di Provinsi Jambi. Dan, dapat meningkatkan promosi wisata Jambi. Wisatawan sendiri sudah sangat mengenal ragam budaya provinsi yang ada di Sumatera ini.

"Silakan ke Jambi. Alamnya indah. Ragam budaya dan seninya kuat. Anda yang belum punya rencana ke mana-mana, silakan hadir ke festival ini. Kalau merencanakan jauh-jauh hari, bisa booking transportasi dan akomodasi lebih longgar, lebih murah, dan lebih banyak destinasi yang bisa dicari," ujar Menpar Arief Yahya, Senin (3/9).

Menpar menjelaskan, Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Sungai ini memiliki banyak catatan sejarah dan peradaban di sekitarnya. Baik itu mengenai jalur perdagangan antar bangsa pada masa lampau, maupun tentang peradaban dan kebudayaan Melayu yang sampai saat ini masih terjaga.

"Acara ini tidak hanya berkaitan dengan promosi dan pengembangan wisata di kawasan tersebut. Tapi juga pelestarian. Karena nilai catatan sejarah dan peradaban yang tinggi," tutur Menpar Arief Yahya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Jambi, Ujang Hariadi menjelaskan, dalam festival ini akan ada tiga poin penting dalam memeriahkannya. Yang pertama, lomba ketek race. Lomba ini untuk menggairahkan lagi jalur transportasi penyebrangan masyarakat.

Kedua, ketek odong-odong yang dihias sedemikian rupa untuk membawa wisatawan-wisatawan yang berkunjung dari Tanggo Rajo mengelilingi objek wisata Jambi.

"Dan yang ketiga, dimeriahkan dengan parade 99 tengkuluk, yang akan diperagakan oleh bujang gadis Jambi, putri pariwisata, duta pariwisata dan para siswa-siswa sekolah dengan start dari seberang Gentala Arasy menuju depan Rumah Dinas Gubernur Jambi," jelas Ujang.

Ujang mengatakan, dalam festival ini tetap akan menampilkan kekhasan kebudayaan dari setiap kabupaten/kota di Jambi. Yang ditampilkan dan ditonjolkan adalah kekhasan budaya Jambi seperti tarian dan pertunjukan-pertunjukan lainnya.

"Selain itu, juga disediakan bazar dan stand untuk pelaku UMKM dan beberapa cafe dengan produk khas Jambi. Diharapkan event ini mampu mendongkrak perekonomian masyarakat serta untuk menyuarakan bahwa Jambi miliki kopi terbaik se-Indonesia," papar Ujang.

Pihaknya juga bekerja sama dengan Dinas Perindag Provinsi Jambi serta libatkan seluruh OPD di kabupaten/kota. Ujang berharap event Festival Batanghari 2018 yang masuk 100 top Indonesia mampu menyedot wisatawan nusantara dan manca negara.

"Semoga betul-betul menjadi pesta rakyat, dan masyarakat yang menonton saat parade 99 tengkuluk juga dapat ikut gunakan tengkuluk. Meski tidak memakai pakaian kurung lengkap, cukup tengkuluk saja cukup," kata Ujang.

Untuk informasi, Batanghari adalah sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Festival Batanghari diselenggarakan sebagai festival Sungai yang melibatkan beberapa kota pesisir sungai. Mulai dari Jambi, Muara Jambi, Muara Sabak hingga Pulo Laut. Terkait tempat menyelenggarakan event, sangat sesuai dengan keunikan sejarah dan kawasan. Keindahan jembatan jembatan yang melewati sungai Batanghari menjadi atraksi tersendiri yang akan dijadikan tempat pertunjukan.

"Kawasan ini kerap digunakan sebagai lokasi parade fashion Tengkuluk. Atraksi dalam festival ini juga akan menyorot karnaval batik yang meriah dari desainer dan masyarakat Jambi," tambahnya.

Untuk lebih memeriahkan Festival Batanghari 2018, lanjut Ujang, 1.000 lentera akan dilepas selama festival. Selain itu juga ada pertunjukan cahaya laser, bacaan puisi, pertunjukan biola dan demo kopi Jambi dari beberapa pengusaha kopi di Jambi.

"Event ini juga untuk memperkenalkan kuliner khas Jambi dalam acata makan berawang bersama yang mengangkat seni budaya tradisi kearifan lokal," pungkas Ujang.

Bila anda ingin menyaksikan Festival Batanghari 2018, bila melalui jalur udara, semua penerbangan yang menuju Jambi akan mendarat di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (DJB). Perjalanan Jakarta ke Jambi sekitar 1 jam 15 menit. Maskapai yang beroperasi dari Jakarta ke Jambi, antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air dan Citilink.

Bandara Sultan Thaha Syaifuddin ke Kota Jambi berjarak membutuhkan jarak sekitar 7 km atau dengan waktu 15-20 menit dengan kendaraan mobil.

Untuk penginapannya, banyak jenisnya. Mulai dari budget, menengah, hingga berbintang. Budget, untuk backpacker bisa memilih jenis penginapan ini untuk menghemat biaya. Jangan khawatir hotel budget ini tetap dilengkapi dengan fasilitas da pelayanan yang memuaskan.

Kelas menengah, lebih dipilih oleh para wisatawan yang menginginkan kenyamanan lebih dalam berlibur, dengan standar hotel bintang 2 dan hotel bintang 3. Sedangkan yang mewah, ada penginapan hotel bintang 4 dan hotel bintang 5. Anda akan mendapatkan kesempurnaan fasilitas dalam berlibur, karena semua fasilitas akan disediakan oleh pihak hotel.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Berseteru, Yama Carlos dan Istri Kini Kembali Mesra

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Yama Carlos belum lama ini sempat berseteru dengan istrinya Arfita Dwi Putri. Perseteruan tersebut sempat dituangkan Arfita melalui akun Instagram miliknya. Ia sempat menuding Yama Carlos membawa kabur putra mereka yang masih kecil, Marco Armanda Blessio Carlos.

Kini keduanya mengaku telah berdamai. Ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018), Yama Carlos terlihat mesra dengan istrinya, sambil membawa anaknya.

"Puji Tuhan kami sudah damai lagi, satu rumah lagi, sudah satu kamar lagi. Ya apa pun itu prosesnya, yang penting sekarang kami sudah lebih baik lagi dibanding kemarin," ujar Yama.

Perdamaian terjadi setelah Yama Carlos dan istri saling memaafkan dan mengakui kesalahan satu sama lain. Sama-sama ingin mempertahankan rumah tangga, keduanya akhirnya saling mengalah dan berdamai.

Kembali ke Masa Pacaran

Arfita Dwi Putri dan Yama Carlos

"Jadi bukan karena Marco, tapi kita kembali karena memang untuk keluarga. Kalau kembali karena anak, buat saya itu nanti enggak fair, enggak imbang. Itu kan kurang sehat," kata Yama Carlos.

Kini keduanya memilih untuk menjalani rumah tangga seperti layaknya masih pacaran. Masa kala ia dan istri masih sama-sama menyayangi, dan tak mau berpisah. Hal itu dilakukan agar Yama Carlos dan istri makin cinta satu sama lain.

Terapi di Rumah

Arfita Dwi Putri dan Yama Carlos

"Saya bilang 'Yuk kita lakukan terapi',kita pacaran dulu di rumah, berdua dulu di kamar di rumah sampai berapa hari, cinta, kasih itu tumbuh lagi," kata dia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bikin Takjub, 7 Fenomena Alam Langka Ini Berhasil Tertangkap Kamera

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak fenomena alam yang mungkin tak lagi asing di telinga kita, namun nyatanya masih banyak pula fenomena alam langka yang belum kita kenal. Bahkan banyak manusia di dunia yang dijamin belum pernah melihatnya secara langsung.

Ya, alam menyimpan begitu banyak fenomena yang hingga kini masih menjadi misteri. Bahkan banyak yang belum bisa dijelaskan secara ilmiah.

Beruntung, beberapa dari fenomena alam unik tersebut berhasil diabadikan dan bisa membuat kalian tercengang.

Dikutip dari berbagai sumber, ini deretan momen fenomena alam langka yang berhasil tertangkap kamera.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bunga Es yang Sangat Cantik Ya

fenomena alam unik (foto: reddit.com)

Ini Namanya Fenomena Awan Rak, Cantik Tapi Seram Ya

fenomena alam unik (foto: imgur.com)

Kalau Ini Awan Kelvin-Helmholtz, Bentuknya Mirip Ombak Ya

fenomena alam unik (foto: MartinVettori / reddit)

Apinya Mirip Tornado

fenomena alam unik (foto: Meunderwears / reddit)

Garis-Garis Vertikal Berwarna Biru Buat Gunung Es Antartika Ini Tambah Cantik

fenomena alam unik (foto: loki010/reddit)

Kalian Bisa Melihat Keindahan Ini di The Wave Arizona, Amerika Serikat

fenomena alam unik (foto: commons.wikimedia.org)

Pernah Lihat Awan Seperti Ini? Ini Bernama Awan Lenticular

fenomena alam unik (foto: en.wikipedia.org)

Reporter: Surya Siqata

Sumber: Brilio.net 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sensasi Naik Mobil bareng Singa di Taman Safari

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melihat singa dari kejauhan memang sudah biasa. Namun, naik mobil bersama singa hal yang tak biasa.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Google Konfirmasi Peluncuran Pixel 3 pada 9 Oktober

Posted: 06 Sep 2018 11:00 PM PDT

Liputan6.com, New York - Google akhirnya memberikan konfirmasi resmi kalau flagship smartphone-nya, Pixel 3 dan Pixel 3 XL, bakal meluncur pada 9 Oktober 2018.

Perusahaan teknologi yang bermarkas di Mountain View, Amerika Serikat (AS) tersebut, juga telah mengirim undangan eksklusif kepada para media AS terkait peluncuran Pixel 3.

Dari undangan yang disebar, venue peluncuran duo smartphone teranyar ini akan berlokasi di New York.

Seperti dilansir Android Central, jumat (7/9/2018), Google juga telah mengumbar undangan digital peluncuran Pixel 3. Dalam undangan digital yang diperlihatkan, tampak animasi GIF bertuliskan "I

Lokasi peluncuran Pixel 3 sendiri kali ini akan berbeda dengan lokasi peluncuran Pixel 2 dan Pixel 2 XL yang dihelat di San Francisco pada tahun lalu.

Tidak diungkap alasan Google mengapa memilih New York sebagai lokasi baru. Yang pasti, menarik kita tunggu kejutan apa yang akan diungkap Google pada dua smartphone unggulannya tersebut.

Usung Notch, Google Pixel 3 XL Sudah Dipakai Pengguna Kanada?

Tampilan Google Pixel 3 XL yang tertinggal di Lyft (sumber: Android Police)

Terlepas dari kabar peluncuran Pixel 3 dan Pixel 3 XL, sebuah perangkat diduga Pixel 3 XL tampak terlihat digunakan oleh seseorang di Toronto, Kanada.

Hal ini mengindikasikan ada sejumlah orang lain yang juga menggunakan smartphone tersebut.

Dari tampilannya, foto itu terlihat asli, dan sesuai dengan sejumlah bocoran yang selama ini beredar. Pixel 3 XL tampak memiliki notch, seperti kebanyakan smartphone lain yang dirilis pada tahun ini.

Kendati demikian, belum ada konfirmasi resmi tentang keaslian gambar tersebut, apakah benar Pixel 3 XL atau bukan. Informasi lebih pasti tentang smartphone ini dapat diketahui pada Oktober 2018, ketika Google mengumumkannya.

 

Produksi Smartphone Pixel Baru

Google Pixel 2 diperlihatkan pada ajang Google Playtime 2017 di Singapura baru-baru ini. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Lebih lanjut, sejumlah sumber mengatakan tim engineering yang diakuisisi dari HTC pada tahun lalu, memainkan peran penting dalam hal desain hardware dan software untuk smartphone ini.

Google berencana menggandeng Foxconn untuk memproduksi kedua smartphone Pixel baru. Foxconn juga merupakan manufaktur kontrak Apple untuk memproduksi iPhone.

Adapun untuk layar, Google dilaporkan telah menjalin kesepakatan dengan LG untuk menyuplai panel OLED dengan notch untuk Pixel 3 XL.

"Kami mempertahankan hubungan dekat dengan Google dan jumlahnya (produksi layar) tidak akan jauh berbeda dari yang sebelumnya," tutur sumber dari internal LG.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Pasca-Ditahan, Idrus Marham Jalani Pemeriksaan Perdana KPK

Posted: 06 Sep 2018 10:59 PM PDT

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi untuk tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih dan Johannes B Kotjo. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi untuk tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih dan Johannes B Kotjo. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi Eni Saragih dan Johannes B Kotjo terkait dugaan suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi Eni Saragih dan Johannes B Kotjo terkait dugaan suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus terlihat mengenakan rompi tahanan KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus terlihat mengenakan rompi tahanan KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi untuk tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih dan Johannes B Kotjo. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi untuk tersangka Wakil Ketua Komisi VII DPR Eni Saragih dan Johannes B Kotjo. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi Eni Saragih dan Johannes B Kotjo terkait dugaan suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus menjadi saksi Eni Saragih dan Johannes B Kotjo terkait dugaan suap PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus terlihat mengenakan rompi tahanan KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Tersangka mantan menteri sosial Idrus Marham usai menjalani pemeriksaan perdana pascaditahan, Gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Idrus terlihat mengenakan rompi tahanan KPK. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Presiden: Beri Akses Gratis Penyandang Disabilitas Nonton Asian Para Games

Posted: 06 Sep 2018 10:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) memberi akses gratis kepada para penyandang disabilitas yang menonton acara tersebut. Asian Para Games 2018 akan berlangsung mulai 6 Oktober nanti.

"Saya minta akses gratis bagi penyandang disabilitas untuk menonton pertandingan Asian Paragames," kata Jokowi dalam rapat kabinet terbatas membahas persiapan penyelenggaraan Asian Para Games 2018 di Istana Bogor, Jumat.

Ratas juga dihadiri Wapres M Jusuf Kalla dan sejumlah anggota Kabinet Kerja antara lain Menpora Imam Nahrawi, Menpar Arief Yahya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko.

Jokowi ingin memastikan lagi kesiapan penyelenggaraan kegiatan itu baik dari sisi venue, teknis pelaksanaan, wisma atlet, transportasi atlet.

"Ratas pagi hari ini kita ingin melihat bersama mengenai persiapan pelaksanaan Asian Para Games yang waktunya sudah sangat dekat, semakin dekat," ujar Jokowi seperti dilansir Antara.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

Berkaca pada Asian Games 2018

Kepala Negara meminta momentum kesuksesan Asian Games 2018 yang telah diraih dilanjutkan kembali pada penyelenggaraan Asian Para Games.

"Kita ingin menjadi tuan rumah baik, memberikan pelayanan maksimal bagi kurang lebih 2.880 atlet, 1.826 official yang akan berpartisipasi di 18 cabang olah raga Asian Para Games," katanya.

Presiden meminta Inapgoc belajar dari pengalaman Inasgoc dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Yang sudah baik kita tingkatkan, yang belum baik kita perbaiki. Ini semua akan menjadi pengalaman berharga dalam menyelenggarakan event-event berkelas dunia," kata Presiden Jokowi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Detik-Detik Kapal Ilegal Fishing Vietnam dan Thailand Ditenggelamkan

Posted: 06 Sep 2018 10:55 PM PDT

Fokus, Riau - Proses penenggelaman enam kapal pencuri ikan atau ilegal fishing hasil tangkapan petugas PSDKP Kementerian Kelautan dan Perikanan serta pihak Direktorat Polair Polda Kepulauan Riau terekam kamera.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (7/9/2018), kapal-kapal asing berbendera Vietnam dan Thailand langsung ditenggelamkan dengan cara memberi pemberat pasir dan air setelah kapal dikosongkan. Biasanya diawali dengan peledakan. 

Penenggelaman ini hasil putusan pengadilan dan pelaksanaannya disaksikan pihak kejaksaan setempat. Sebelumnya, Polair Polda Kepri juga sudah menenggelamkan tiga kapal asing.

"Ini merupakan sisa dari 9 kapal yang memang harus kami tenggelamkan, dan ini merupakan kapal yang ditangkap oleh KKP," kata Kasubdit Gakum Polair Polda Kepri AKBP Cahyo.

Enam unit kapal ilegal fishing ini tertangkap sedang mencuri ikan di Perairan Kabupaten Natuna dan Kepulauan Riau. (Rio Audhitama Sihombing) 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Imam Nahrawi Minta Roy Suryo Segera Kembalikan Barang Milik Kemenpora

Posted: 06 Sep 2018 10:51 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi meminta kepada Roy Suryo agar mengembalikan 3.226 unit barang milik negara (BMN) yang dibawa selama menjabat sebagai orang nomor satu di kementerian itu. Dia meminta agar Roy Suryo segera menyelesaikan hal tersebut agar tidak terjadi polemik yang berkepanjangan.

"Yang penting dikembalikan. Segeralah ditindaklanjuti dengan baik tanpa banyak polemik," kata Imam di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (7/9/2018).

Dia meminta kepada Roy Suryo segera menyelesaikan dan mengembalikan aset milik negara. Sebab jika tidak, kata Imam pihaknya tidak dapat menyelesaikan laporan BPK.

"Ini saya berharap betul supaya diselesaikan agar tidak ada yang mengganjal pemeriksaan kita di masa yang datang," kata Imam.

Terkait berapa nominal barang yang belum dikembalikan, Imam tidak merinci. Namun, menurutnya, kurang lebih Rp 8-9 miliar. "Enggak sampai ratusan miliar. (Kira-kira) Rp 8-9 miliar," papar Imam.

Jawaban Roy Suryo

Dalam berbagai kesempatan, Roy Suryo membantah jika dirinya telah membawa sejumlah barang milik negara sejak tak lagi menjabat sebagai Menpora.

"Terhadap aset BMN Kemenpora sebanyak 3.226 unit yang disebut-sebutkan masih saya bawa? Padahal, tidak sama sekali," kata Roy Suryo.

Menurut Roy, tuduhan tersebut juga dinilai tidak logis. Dalam deretan barang-barang dimaksud Kemenpora yang masih belum dikembalikan, di sana ada peralatan rumah tangga berupa pompa air. Inilah yang menurut Roy sebagai tuduhan yang tak logis.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

[vidio:Roy Suryo Minta Pelaksanaan Asian Games Tidak Diklaim Pihak Tertentu]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ungkit Insiden MotoGP Argentina, Marquez Bikin Rossi Kecewa

Posted: 06 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Jelang MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018), hubungan Valentino Rossi dan Marquez kembali memanas. Indikasinya adalah sikap The Doctor yang menolak ajakan jabat tangan The Baby Alien.

Sejatinya, perselisihan kedua pembalap papan atas MotoGP ini sudah bukan hal baru. Berulang kali keduanya terlibat perselisihan, baik di dalam lintasan maupun di luar lintasan. Dan hal itu terjadi setelah kontroversi pada musim 2015.

Di musim 2018, penyebab keduanya kembali berselisih adalah insiden pada MotoGP Argentina di Autodromo Termas de Rio Hondo, 8 April 2018. Saat itu, Marquez melakukan senggolan yang membuat Rossi terjatuh dan gagal menyelesaikan balapan.

Marquez memang sudah berupaya minta maaf usai MotoGP Argentina. Tapi, Rossi menolaknya. Sial bagi Marquez, wawancara yang dilakukan dengan Sky Sports dan membahas soal insiden di Argentina kembali membuat Rossi geram.

"Saya ingin berdamai dengannya, saya tak punya masalah dengan Valentino. Semua lebih tenang sampai GP Argentina tahun ini, tapi kemudian saya membuat kesalahan dan Rossi tak beruntung. Saya mencoba meminta maaf," kata Marquez, dilansir Speedweek.

 

Redakan Tensi

Insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Valentino Rossi pada MotoGP Argentina 2018. (Twitter/MotoGP)

Hal itu yang membuat Rossi kembali teringat dengan kesalahan Marquez. Karenanya, saat pembalap asal Spanyol itu mencoba untuk mengajaknya berjabat tangan pada sesi konferensi pers, Rossi langsung menyatakan, "Saya mendengar wawancara Anda, tapi saya tidak tahu... Bagi saya ini terdengar sedikit aneh karena faktanya kami tak pernah punya masalah. Jadi saya tak tahu kenapa kami harus berdamai."

Tujuan Marquez sendiri mengajak Rossi berdamai adalah untuk meredakan tensi persaingan. Maklum, sejak kerap berseteru dengan Rossi, pembalap berusia 25 tahun itu kerap mendapat perlakukan tak menyenangkan dari fans Rossi.

"Apakah siulan mengganggu saya ketika saya duduk di atas motor? Tidak, meski saya menyukainya lebih dari apapun. Saya tak menyukai siulan ini karena kami berada di lintasan dengan kecepatan lebih dari 300 km/jam dan mempertaruhkan nyawa. Jika Anda seorang fans, Anda ingin melihat manuver menyalip dan tak mempedulikan warna motor. Saya selalu minta fans saya untuk menghormati semua pembalap," Marquez menegaskan.

Jadwal MotoGP San Marino

Jumat, 07 September 2018

FP1 MotoGP (14:55 WIB)

FP2 MotoGP (19:05 WIB)

Sabtu, 08 September 2018

FP3 MotoGP (14:55 WIB)

FP4 MotoGP (18:30 WIB)

Q1 MotoGP (19:10 WIB)

Q2 MotoGP (19:35 WIB)

Minggu, 09 September 2018

WUP MotoGP (14:40 WIB)

RACE MotoGP (19:00 WIB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Melemah, Masyarakat Tak Perlu Panik

Posted: 06 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah yakin bahwa nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) tidak akan melemah seperti yang terjadi pada krisis pada 1998. Namun, pemerintah tetap akan waspada memantau data pasar dalam negeri serta berbagai perkembangan terkini di dunia internasional.

Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden, Denni Puspa Purbasari menjelaskan, Indonesia memiliki pengalaman sebagai negara yang pernah mengalami krisis-krisis sebelumnya.

"Karena itu percayalah, pemerintah dapat melakukan aksi pencegahan agar kita tak jatuh dalam krisis," katanya seperti dikuti dari keterangan tertulis, Jumat (7/9/2018).

Denni juga menggarisbawahi agar masyarakat tidak perlu panik dan reaksioner menghadapi kondisi ini.

"Situasi Indonesia ini jauh berbeda dibandingkan kondisi pada 1998 atau 2008. Satu hal yang pasti bahwa pada saat ini cadangan devisa kita jauh lebih kuat, lima kali lebih kuat dibanding 1998," kata dia.

Hal positif lain, menurut Denni, Bank Indonesia (BI) mencatat adanya aliran masuk modal asing mencapai 4,5 miliar dolar AS ke Indonesia.

"Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia juga solid serta peringkat surat utang pemerintah tidak masalah, sehingga kita masuk dalam investment grade yang bagus atau layak investasi menurut lima lembaga pemeringkat ekonomi," ungkapnya.

Tak Bersikap Santai

Deputi Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden Denni Puspa Purbasari.

Denni menegaskan, pemerintah tidak bersikap santai menghadapi situasi ini. Pemerintah sangat mawas akan hal ini, dengan menguatkan koordinasi dengan otoritas moneter dan juga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yang juga tak kalah penting, Indonesia memiliki hubungan cukup baik dengan bank sentral negara lain, seperti Jepang, China, Korea Selatan, dan Australia.

"Kita punya bilateral soft arrangement, jadi saat misalnya kita butuh dolar, kita bisa minta bank sentral negara-negara itu untuk mem-back-up, walaupun cadangan devisa kita saat ini ada USD 118 miliar," kata doktor ekonomi lulusan University of Colorado itu.

Pemerintah menahan harga BBM sejak tahun lalu demi menjaga daya beli masyarakat, termasuk dengan meningkatkan subsidi untuk solar serta efisiensi Premium oleh Pertamina.

Terkait fluktuasi nilai rupiah terhadap dolar AS, Denni mengingatkan, sebagai negara pengekspor minyak dan beberapa komoditas lain, pemerintah juga mendapatkan mendapatkan windfall berupa kenaikan PNBP.

"Keuntungan ini antara lain digunakan untuk menyubsidi solar agar dapat menstimulasi produktivitas di bidang industri khususnya transportasi barang dan jasa," paparnya.

Intinya, pungkas Denni, berkaca dari indikator-indikator ekonomi yang baik tadi, masyarakat tidak perlu panik. "Yang terjadi di dunia sana biarlah terjadi di sana, kita tetap saja fokus bekerja membangun bangsa," katanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Olahraga Lari Lewati Gunung Tantang Kesegaran Rambut

Posted: 06 Sep 2018 10:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pecinta olahraga lari, tentu bukan hal baru jika tubuh dan rambut basah akibat keringat. Namun keringat yang menempel di rambut bisa menjadi penyebab ketombe dan gatal kesudahan. Untuk itu Zinc Shampoo menghadirkan varian terbaru Clear Active bagi Anda yang memiliki aktivitas segudang.

Sampo varian ini mengandung sea salt yang tidak hanya menghilangkan ketombe namun bakteri penyebab rasa gatal. Dengan varian ini, Zinc Shampoo menantang para pecinta lari untuk menghalau batasan dengan mengadakan Zinc Trail Run dengan rambut yang tetap segar. 

Olahraga Lari Lewati Gunung Tantang Kesegaran Rambut

Tantangan baru bagi pecinta olahraga lari untuk menjaga kesegaran rambutnya.

"Kita pengen mengajak anak muda untuk menantang dirinya sendiri. Kita tidak cuma ingin lintasan yang lurus tapi juga mengekssplor medan yang bervarasi dan menantang. Melewati batu. Kebun teh," ujar Steven Sean dalam konferensi pers Zinc Trail Run pada Kamis (6/9/2018) di Jakarta.

Zinc Trail Run ini sebenarnya termasuk dalam kategori olahraga menantang. Lintasan trail run yang berbeda membuat para peserta melintasi jalur mendaki dan menurun dengan kontur lintasan tanah, kerikil, dan bebatuan.

Zinc Trail Run tahun ini akan ditempuh dengan jarak 15 km. Bersama Asosiasi Lari Trail Indonesia, trail run in dirancang sesuatu standar keamanan dan kenyamanan bagi para pelari pemula.

"Setiap rutenya ada bagian yang menantang dan mudah. Tentu ada tim support untuk membantu bagaimana caaranya semua pelari aman dan nyaman," ujar Jeffrey, Race Director Zinc Trail Run.

Olahraga Lari Lewati Gunung Tantang Kesegaran Rambut

Tantangan baru bagi pecinta olahraga lari untuk menjaga kesegaran rambutnya.

Dengan latar kebun teh, Rancaupas dipilih untuk memberikan sensasi dan pengalaman yang berbeda dari trail run. Ada beberapa titik yang dinilai cukup instagramable karena pemandangannya yang indah. Salah satunya titik di Situ Patenggang di mana peserta nanti akan diarahkan ke sana karena disediakan tempat khusus untuk berfoto ria.

Pihak penyelenggara menyediakan waktu selama empat jam bagi para peserta hingga ke garis akhir. Bagi peserta yang berhasil menyelesaikan lintasan sebelum empat jam akan diberi predikat dan mendapat medali.

Dengan diselenggarakannya Zinc Trail Run ini, Lexy Rohi selaku Ketua ALTI berharap bahwa kegiatan ini bisa menjadi standard bagi kegiatan lari trail lainnya. Terlebih, olahraga lari trail juga semakin berkembang dan semakin banyak peminatnya.

Jika Anda ingin merasakan pengalaman lebih seru, Anda bisa mencoba Trail Camp. Di mana Anda akan menginap dengan konsep glamping selama satu malam sebelum acara berlangsung. Kegiatan glamping inipun akan diisi makan malam bersama dan talkshow dengan Hendra Wijaya, atlet pelari nasional mengenai Trail Running Tips and Trick.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terungkap, Ini Status Habib Usman bin Yahya Saat Menikahi Kartika Putri

Posted: 06 Sep 2018 10:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya kini sudah resmi menjadi suami istri. Setelah sempat merahasiakan, artis kelahiran 20 Januari 1991 itu pun kini mulai blak-blakan seputar kehidupan rumah tangganya dengan Habib Usman.

Meski begitu, rasa penasaran publik masih belum selesai. Baru-baru ini sempat beredar foto Kartika Putri dan Habib Usman bin Yahya bersama tiga orang anak.

Ketiga anak tersebut rupanya merupakan buah cinta Habib Usman bin Yahya dari pernikahan sebelumnya. Bahkan, tersiar kabar bahwa Kartika Putri dijadikan istri kedua oleh pemimpin Majelis bin Yahya Daarul Fadhililah tersebut.

Tak ingin terjadi kesalahpahaman, Kartika Putri akhirnya mengungkap status Habib Usman bin Yahya saat menikahi dirinya.

 

Simak video menarik di bawah ini:

Status Habib

Habib Usman bin Yahya (Instagram/@barisanaswaja)

Diakui Kartika Putri dirinya menikah dengan Habib Usman bin Yahya yang saat itu sudah berstatus duda. "Sy menikah dgn duda," kata Kartika menjawab pertanyaan warganet di Instagram Stories-nya, Kamis (6/9/2018)

Kartika Putri dan sang suami dipertemukan dalam majelis taklim milik Habib Usman. Kala itu, Habib Usman sendiri yang menjadi penceramah dalam pengajian tersebut.

"Dia itu guru aku yang sudah dikenal beberapa tahun," ujar Kartika Putri dalam sebuah acara talkshow baru-baru ini.

 

Sebutan Baru

Kartika Putri, Habib Usman dan anak-anaknya [foto: instagram/syarifahsyahratusalwa]

Usai menikah dengan Habib Usman bin Yahya, Kartika Putri kini mempunyai panggilan baru yakni 'Bunda'. Tidak hanya menjadi istri, aktris 27 tahun itu juga kini langsung berstatus sebagai ibu sambung.

Panggilan baru Kartika Putri ini diketahui dari unggahan terbaru anak sulung Habib Usman yang bernama Syarifah Syahra Tusalwa. Tampak ia dan kedua saudara laki-lakinya berpose bersama Kartika dan Habib Usman.

"Alhamdulillah Bundaaaaaaaaa Abaaaaaaaaa," tulis Syarifah di keterangan foto.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Aturan Pajak Mobil Listrik Segera Beres, Lebih Murah dari Mobil Konvensional?

Posted: 06 Sep 2018 10:39 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha agar Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik diturunkan atau bahkan dihapuskan. Dengan begitu, harga jual untuk mobil ramah lingkungan ini bakal lebih murah atau sama dengan mobil konvensional.

Dijelaskan Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartarto, saat ini usulan penghapusan PPnBM untuk mobil listrik sudah diajukan. Bahkan, usulan pajak untuk mobil listrik, hybrid, plug-in hybrid, ataupun energi terbarukan lainnya tinggal dirapatkan di Kementrian Perekonomian satu kali lagi.

"Tinggal dirapatkan di Menko satu kali lagi, dan sudah selesai. Jika ini sudah selesai industri akan berjalan. Studinya sedang berjalan dengan Toyota, dan kemarin temuannya tipe plug-in hybrid yang cocok dengan Indonesia, karena dari segi infrastruktur dan teknologi suitable," jelas Airlangga, saat ditemui di Jakarta belum lama ini.

Lanjut Airlangga, untuk target bukan masalah peraturan presiden (Perpres) terkait mobil listrik ditanda tangani, tapi masalah produksi dan kapan fasilitas diberikan. Namun, untuk melakukan produksi massal mobil listrik di Indonesia, membutuhkan market yang besar.

"Untuk market itu membutuhkan PPnBM, karena bagaimana membuat market kalau harga mobil listrik lebih mahal dibanding mobil biasa. Kalau PPnBM diturunkan atau dihapuskan, harganya bakal seimbang," tegas Airlangga.

Selanjutnya

Sementara itu, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika mengatakan draf Perpres terkait mobil listrik sudah diselesaikan di biro hukum Kemenperin. Namun, setelah itu kembali dibahas karena ada sesuatu yang belum selesai.

"Harus memberikan insentif yang lebih dari ada apa yang sudah diberikan. Kami bekerja keras banget ini, karena langsung kita bahas dengan Pak Dirjen. Diharapkan hari Jumat ini akan dikasih ke Menkomaritim," pungkas Putu.

 

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sesi I, IHSG Lanjutkan Penguatan ke Posisi 5.796

Posted: 06 Sep 2018 10:38 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mampu lanjutkan penguatan pada sesi pertama perdagangan saham Jumat pekan ini. Sektor saham aneka industri angkat laju IHSG.

Pada penutupan saham sesi pertama, Jumat (7/9/2018), IHSG naik 20,23 poin atau 0,35 persen ke posisi 5.796,32. Indeks saham LQ45 mendaki 0,55 persen ke posisi 914,65. Sebagian besar indeks saham acuan menguat.

Sebanyak 187 saham menguat sehingga mengangkat IHSG. 140 saham melemah dan 121 saham diam di tempat. Total frekuensi perdagangan saham 186.956 kali dengan volume perdagangan 5,9 miliar saham. Nilai transaksi harian saham Rp 4,3 triliun. Investor asing jual saham Rp 111,94 miliar di pasar regular. Posisi dolar AS berada di kisaran Rp 14.891.

Pada sesi pertama, IHSG sempat berada di level tertinggi 5.805,05 dan terendah 5.769,25. Sebagian besar sektor saham tertekan. Sektor saham aneka industri naik 3,24 persen, dan catatkan penguatan terbesar.

Disusul sektor saham barang konsumsi mendaki 1,59 persen dan sektor saham manufaktur menanjak 1,31 persen. Sementara itu, sektor saham industri dasar melemah 0,39 persen. Lalu sektor saham tambang merosot 0,36 persen dan sektor saham konstruksi susut 0,32 persen.

Saham-saham yang menguat antara lain saham ASBI naik 22,14 persen ke posisi Rp 320 per saham, saham GWSA melonjak 18,32 persen ke posisi Rp 155 per saham, dan saham PRDA mendaki 16,73 persen ke posisi Rp 3.000 per saham.

Sementara itu, saham-saham yang tertekan antara lain saham JKON melemah 12,38 persen ke posisi Rp 460 per saham, saham PSDN susut 13,57 persen ke posisi Rp 242 per saham, dan saham NAGA turun 4,5 persen ke posisi Rp 212 per saham.

Bursa saham Asia pun bervariasi. Indeks saham Hong Kong Hang Seng melemah 0,36 persen, indeks saham Korea Selatan Kospi susut 0,52 persen, indeks saham Jepang Nikkei tergelincir 0,81 persen.

Selain itu, indeks saham Thailand merosot 0,12 persen, indeks saham Singapura turun 0,62 persen dan indeks saham Taiwan tergelincir 0,71 persen. Sedangkan indeks saham Shanghai menguat 0,30 persen.

 

Awali Perdagangan, IHSG Bergerak di 2 Zona

Suasana pergerakan perdagangan saham perdana tahun 2018 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (2/1). Perdagangan bursa saham 2018 dibuka pada level 6.366 poin, angka tersebut naik 11 poin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak di dua arah pada awal sesi perdagangan Jumat pekan ini. Analis memperkirakan IHSG bakal menguat terbatas.

Pada pra pembukaan perdagangan saham, Jumat 7 September 2018, IHSG naik tipis 4,71 poin atau 0,08 persen ke posisi 5.780,80. Indeks saham LQ45 juga naik 0,13 persen ke posisi 910,85.

IHSG masih tetap menguat terbatas. Pada pukul 09.00 WIB, IHSG naik 4,28 poin atau 0,06 persen ke posisi 5.779,49. Indeks saham LQ45 naik 0,02 persen ke posisi 909,39. Indeks saham acuan bergerak bervariasi.

Namun tak beberapa lama, IHSG pun berbalik arah ke zona merah dengan turun 2,34 poin ke posisi 5.772,62. IHSG bergerak di posisi tertinggi 5.787,73 dan terendah 5.771,04.

Total frekuensi perdagangan saham sekitar 14.019 kali dengan volume perdagangan 104 juta saham. Nilai transaksi harian saham Rp 166 miliar. Investor asing beli saham Rp 7 miliar di pasar regular. Posisi dolar Amerika Serikat (AS) berada di kisaran Rp 14.870.

Sektor yang menguat dan melemah sama besar. Sektor yang tercatat menguat adalah perkebunan, aneka industri, barang konsumsi, kontruksi dan manufaktur. Sedangkan lainnya tertekan.

Saham-saham yang menguat antara lain saham YPAS menanjak 23,85 persen ke posisi 805 per saham, saham GWSA mendaki 11,45 persen ke posisi 146 per saham, dan saham AIMS menguat 8,33 persen ke posisi 260 per saham.

Sedangkan saham-saham yang tertekan antara lain saham TRIO melemah 16,94 persen ke posisi 206 per saham, saham KBLM merosot 7,02 persen ke posisi 212 per saham, dan saham SDMU turun 6,67 persen ke posisi 71 per saham.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut HUT ke-70, Korea Utara Siapkan Parade Militer dan Aksi Pamer Rudal

Posted: 06 Sep 2018 10:33 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Pemerintah Korea Utara disebut akan mengadakan parade militer besar-besaran pada Minggu, 9 September 2018 untuk menandai ulang tahun ke-70 negara itu.

Selain itu, Pyongyang juga dikabarkan akan kembali unjuk pamer berbagai senjata termutakhirnya, termasuk rudal, yang menurut para pengamat, merupakan tantangan terhadap berhentinya pembicaraan dengan AS tentang denuklirisasi di Semenanjung Korea.

Dikutip dari The Guardian pada Jumat (7/9/2018), parade tersebut dikabarkan akan dihadiri oleh beberapa pejabat asing, dengan disertai penampilan koreografi skala besar yang dikenal sebagai Misa, yang diadakan untuk pertama kalinya dalam lima tahun terakhir.

Pameran perangkat militer dan bala tentara kemungkinan akan lebih besar dari pawai lain yang diadakan awal tahun ini, meskipun lebih tenang dibandingkan dengan tahun lalu, menurut analisis.

Adapun tentang misil balistik antarbenua, belum ada kabar apakah akan dimasukkan dalam parade atau tidak. Namun, jika tetap dihadirkan, pengamat menduga hal itu bisa dilihat sebagai langkah provokatif.

Padahal saat ini, Korea Utara telah berkomiteman menangguhkan uji coba nuklir dan rudal, menyusul pembicaraan berlanjut dengan para pejabat AS, setelah pertemuannya dengan Donald Trump di Singapura, 12 Juni lalu.

Di lain pihak, citra satelit tidak menangkap keberadaan kendaraan yang digunakan untuk membawa ICBM --nama resmi misil balistik antarbenua-- di area pawai parade, tetapi "senjata itu masih bisa berada di lokasi parade, bersamaan di pawai alat berat lainnya", menurut kelompok pemantau North 38.

"Kemungkinan akan jauh lebih besar daripada parade militer awal tahun ini," tulis pemimpin North 38, Joseph Bermudez.

Mintaro Oba, mantan diplomat AS yang fokus pada kebijakan Korea Utara, mengatakan: "Jika parade itu menampilkan ICBM, akan lebih bijaksana bagi Amerika Serikat untuk menyikapinya dengan tenang, sebagai tontonan propaganda Korea Utara, dan bukan sebagai sesuatu yang seharusnya secara material mempengaruhi negosiasi."

Oba menambahkan: "Korea Utara telah konsisten dalam menandakan bahwa ia kuat, mampu mempertahankan diri, dan bahwa statusnya sebagai tenaga nuklir adalah kesepakatan yang dilakukan. Saya membayangkan itu adalah tema terbesar yang akan kita lihat pada Minggu nanti."

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Menebak Sikap Kim Jong-un

Gaya santai Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berbusana kaus oblong saat blusukan ke pabrik perikanan di Korea Utara (KCNA)

Parade militer terakhir kali digelar oleh Korea Utara pada Februari lalu, dengan melibatkan 13.000 orang, dan disaksikan sekitar 50.000 orang yang berkumpul di alun-alun Kim Il-sung di Pyongyang, menurut kantor berita Yonhap.

Korea Utara memamerkan Hwasong-15 ICBM jarak jauh, yang secara teoritis mampu menyerang sebagian besar daratan AS dengan kisaran jarak 13.000 kilometer.

Vipin Narang, seorang profesor politik di Massachusetts Institute of Technology, mengatakan bahwa untuk prosesi hari Minggu "langkah yang paling provokatif adalah bagi Kim untuk memparalelkan sistem nuklir baru, yang belum pernah kita lihat sebelumnya".

"Sinyal dalam kasus ini adalah: 'Saya tidak hanya mengatakan bahwa saya tidak secara sepihak melucuti senjata, tetapi saya bahkan memiliki beberapa mainan (senjata) baru', mungkin itu yang ingin disampaikan Kim," lanjut Narang menjelaskan.

Namun dia menambahkan bahwa tidak mungkin Kim Jong-un ingin menjadi sangat agresif, sementara pembicaraan mereka dengan AS berlanjut.

Sementara itu, China dikabarkan mengirim Li Zhanshu, ketua Kongres Rakyat Nasional dan penasihat senior presiden Xi Jinping, untuk menghadiri parade militer di Pyongyang.

Hal itu menepis desas-desus bahwa Presiden Xi akan melakukan perjalanan ke Pyongyang, yang akan menjadi perjalanan resmi pertamanya ke Korea Utara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Sepak Takraw Ingin Gunakan Bonus Asian Games 2018 untuk Beli Sawah

Posted: 06 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Beragam cara dilakukan para atlet yang meraih medali di Asian Games 2018 untuk menggunakan bonus yang didapatkan. Atlet sepak takraw, Abdul Halim Radjiu, misalnya ingin menggunakan bonus untuk membeli sawah.

Atlet asal Gorontalo ini sukses meraih medali emas, perak, dan dua perunggu pada Asian Games 2018 yang berakhir pada 2 September lalu.

"Pada hari Senin (3/9/2018) lalu kami langsung bertemu Menteri Olahraga dan saat itu bonus langsung dicairkan. Tentunya sesuai dengan harapan kita saat menerima buku rekening," katanya seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan bahwa bonus itu akan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Apalagi, dia belum memiliki pekerjaan tetap untuk saat ini.

"Intinya uang yang telah diberikan akan saya gunakan sebagai modal awal usaha. Saya akan membeli sawah, tapi secara pribadi ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)," ucapnya.

Menurut dia, jika ingin memiliki pekerjaan tetap itu harus dibarengi dengan prestasi yang telah dibuat.

"Semakin kita maju dengan memiliki pekerjaan, tentunya hidup akan tenang dan sejahtera, terlebih untuk masa depan kedua anak saya," kata dia.

 

Dapat Modal Usaha

Atlet sepak takraw Indonesia, Abdul Halim Radjiu (ANTARA FOTO/INASGOC/Ferdy Siregar/nz/18)

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Gorontalo, Haris Tome, menjelaskan bahwa sesuai pesan Bupati Gorontalo bahwa para atlet nantinya akan mendapatkan modal usaha.

"Atas perintah Bupati mereka akan diberikan modal usaha dan juga akan difasilitasi jika para atlet ingin melanjutkan sekolah," ujarnya.

Para atlet takraw juga dapat mengajukan permohonan apabila berkeinginan untuk masuk ke Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan tentunya akan dan langsung diproses.

"Jadi mereka bisa menjadi tenaga kontrak di Disporapar Kabupaten Gorontalo sambil menunggu pengangkatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) seperti apa yang sudah dijanjikan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga,"ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gangguan SUTET Paiton Bikin Pasokan Listrik di Jabar Berkurang 100 MW

Posted: 06 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jawa Barat mencatat kekurangan pasokan listrik sebesar 100 Mega Watt (MW). Kurangnya pasokan tersebut akibat gangguan pada Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 KV Paiton-Grati.

Gangguan itu mengakibatkan putusnya saluran dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton dan PLTU Pacitan, ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan‎, akibat gangguan itu saat ini Provinsi Jawa Barat masih mengalami kekurangan pasokan listrik 100 MW atau 1,37 persen dari beban puncak 7.300 MW.

"Info sementara dari Pengatur sistem Jawa Bali, kemungkinan 100 MW untuk Jabar," kata Iwan, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Meski wilayah Jawa Barat masih kehilangan pasokan listrik 100 MW, menurut Iwan, PLN distribusi Jawa Barat berupaya menghindari pemadaman listrik di wilayah tersebut.

"Kami berupaya keras, hari ini dan selanjutnya tidak ada pemadaman," tutur Iwan.

Untuk Jawa Barat terjadinya gangguan pada Transmisi SUTET 500 kV Paiton - Grati 1, 2 mengakibatkan sebagian kecil daerah juga mengalami pemadaman, yakni di sekitar Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi, dan Bogor.

PLN Minta Maaf

Pasukan Elit PLN saat beraksi di Menara Sutet Jalan Asia Afrika, Jakarta, Rabu (12/8/2015). Pekerjaan tersebut mengandung resiko besar karena jaringan listrik masih dipelihara tanpa dipadamkan. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Sebelumnya, PLN meminta maaf atas pemadaman yang terjadi akibat gangguan pada SUTET 500 KV Paiton-Grati yang mengakibatkan putusnya saluran dari PLTU Paiton dan PLTU Pacitan ke sejumlah wilayah di Area Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Bali.

"Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi. Hal ini akibat adanya gangguan sistem 500 KV Pacitan-Grati. Saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan untuk wilayah Bali sebagian besar sudah mulai normal," tutur Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka, Rabu (5/11/2018). 

Dia mengatakan, sebelumnya gangguan sistem kelistrikan Jawa Bali pada PLTU Paiton yang terjadi membuat pasokan listrik di Bali berkurang. Meskipun secara umum kondisi kelistrikan di Bali sudah berangsur normal, tetapi untuk upaya antisipasi beban puncak, PLN mengimbau agar warga bisa mengurangi pemakaian listrik untuk sementara waktu.

"Dengan mengurangi pemakaian listrik, diharapkan mampu membantu menekan defisit daya yang mungkin terjadi hari ini serta dapat mengurangi dampak pemadaman," kata dia.

Sementara itu, di Jawa Timur, upaya menekan pemadaman dilakukan dengan cara melokalisasi daerah yang mengalami gangguan, sehingga tidak memperburuk kondisi yang terjadi.

"Upaya terus dilakukan dengan menormalkan kembali jalur yang terganggu agar energi listriknya dapat dialirkan kembali," ucapnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Penghargaan untuk Film Populer di Piala Oscar 2019 Dibatalkan

Posted: 06 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Baru-baru ini, sempat ada satu gonjang-ganjing dalam penyelenggaraan Piala Oscar 2019. Pasalnya, pihak penyelenggara, yakni Academy, sempat berniat untuk menghadirkan satu kategori baru dalam pelaksanaan perhelatan bergengsi di dunia perfilman ini. 

Ketagori itu adalah penghargaan yang khusus diberikan untuk film populer di Piala Oscar 2019.

Hal ini, diumumkan oleh pihak Academy melalui akun Twitter resmi mereka. "Sebuah kategori baru tengah didesain mengenai pencapaian film populer," tulis sang juru bicara pada Agustus lalu.

Pengumuman yang dibuat hanya beberapa bulan sebelum Piala Oscar 2019 diselenggarakan pada Februari mendatang ini, langsung mendapat tentangan.

Demi Film Superhero?

Avengers Infinity War. (Marvel Studios)

Sebagian orang menduga penghargaan kategori baru ini diberikan hanya demi kepentingan film-film superhero, laga, atau komedi yang masuk box office. Apalagi film-film populer seperti ini memang kebanyakan hanya masuk di kategori kecil, seperti efek visual atau tata rambut dan riasan terbaik.

"Lol apa kamu melakukannya untuk memberikan oscar kepada black panther. Sementara film superhero yang bagus seperti dark knight atau Logan tak dapat penghargaan gratis ini. Menyedihkan," tulis @intercosmicc.

"Bakal sangat menyedihkan saat Black Panther kalah dari 'film populer' Avengers Infinity War," tulis @vanillafart_.

"Ini bisa dibilang dot emas untuk bayi besar umur 40 tahun yang selalu mewek karena film superhero kesayangannya tak dapat nominasi," tutur @SeanMBurns.

Tak Jadi Digelar

Piala Oscar. (AFP/Don Emmert)

Melihat reaksi negatif ini, puhak Academy akhirnya mengurungkan niatnya. Penghargaan di kategori ini tak jadi diberikan dalam Piala Oscar 2019.

"Academy mengakui bahwa mengadakan suatu hal baru saat tahun ini telah mencapai bulan kesembilan, memberikan tantangan tersendiri untuk film-film yang telah dirilis," tulis juru bicara Academy, seperti dilansir dari E! News.

Academy juga mengatakan bahwa mereka akan terus mendengarkan saran dari berbagai pihak tentang kategori ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Usai Angkut BBM, KM Samudera Terbakar

Posted: 06 Sep 2018 10:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta KM Samudera yang memuat puluhan ton BBM terbakar. Kapal terbakar saat mengisi buatan BBM.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen MotoGP 2018 Jelang Balapan di Misano

Posted: 06 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Banyak yang menilai persaingan di MotoGP 2018 sudah tak menarik untuk diikuti. Pasalnya, begitu sulit bagi para pembalap untuk bisa bersaing dengan kecepatan pembalap Repol Honda, Marc Marquez.

Dominasi Marquez di MotoGP 2018 memang tak terbendung. Hampir pasti pembalap asal Spanyol yang akan tampil sebagai juara dunia. Saat balapan masih tersisa tujuh seri, keunggulannya sudah sulit untuk dikejar.

Terlepas dari dibatalkannya balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone, 26 Agustus 2018, ia sudah memiliki jarak yang signifikan dengan para rivalnya. Bertengger di puncak klasemen dengan 201 poin, ia unggul 59 poin atas Valentino Rossi yang jadi pesaing terdekat.

Kini, The Baby Alien memiliki peluang besar untuk memperlebar keunggulan. Itu karena balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (9/9/2018), cukup bersahabat dengan dirinya. Marquez adalah pengoleksi kemenangan terbanyak di Sirkuit Misano, yakni lima kali.

 

Klasemen MotoGP 2018

1. Marc Marquez (Repsol Honda) 201 poin

2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) 142 poin

3. Jorge Lorenzo (Ducati Team) 130 poin

4. Andrea Dovizioso (Ducati Team) 129 poin

5. Maverick Viñales (Movistar Yamaha) 113 poin

6. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) 105 poin

7. Johann Zarco (Monster Yamaha Tech3) 104 poin

8. Cal Crutchlow (LCR Honda) 103 poin

9. Andrea Iannone (Suzuki Ecstar) 84 poin

10. Alex Rins (Suzuki Ecstar) 66 poin

11. Dani Pedrosa (Repsol Honda) 66 poin

12. Jack Miller (Pramac Ducati) 61 poin

13. Alvaro Bautista (Angel Nieto Team) 57 poin

14. Tito Rabat (Reale Avintia) 35 poin

15. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) 32 poin

16. Hafizh Syahrin (Monster Yamaha Tech3) 24 poin

17. Franco Morbidelli (EG 0,0 Marc VDS) 22 poin

18. Aleix Espargaro (Factory Aprilia Gresini) 17 poin

19. Bradley Smith (Red Bull KTM Factory) 15 poin

20. Scott Redding (Factory Aprilia Gresini) 12 poin

21. Takaaki Nakagami (LCR Honda) 11 poin

22. Mika Kallio (Red Bull KTM Factory) 6 poin

23. Karel Abraham (Angel Nieto Team (GP16) 4 poin

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesra Bareng Jeremy Thomas, Sophia Latjuba Tuai Kritikan

Posted: 06 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktris Sophia Latjuba kerap menjadi perbincangan hangat. Kisah asmaranya dengan Ariel NOAH sempat membuat heboh masyarakat. Namun, hubungan itu akhirnya kandas.

Warganet kembali dibuat terkejut dengan unggahan foto mesra Sophia Latjuba dengan Jeremy Thomas. Dalam foto tersebut, Sophia berpose mesra dengan suami Ina Thomas.

Pada foto pertama, Jeremy Thomas terlihat memeluk dari belakang dan mencium bahu Sophia Latjuba.

Pada slide foto kedua, keduanya kompak mengenakan pakaian berwarna hitam. Sophia Latjuba mengenakan pakaian tak berlengan, sedangkan Jeremy Thomas mengenakan kaus v-neck.

 

Simak juga video berikut ini:

Kritik Warganet

Sophia Latjuba

Melihat kedekatan keduanya dalam foto itu, warganet langsung meninggalkan komentar. Banyak yang mengkritik foto tersebut kurang pantas, mengingat Jeremy Thomas sudah menikah dan memiliki anak.

"Foto ini keren sekaliiiiii….tp sbg wanita pencemburu, saya tiba2 langsung teringat mba inathomas….bagaimana rasanya ya?" ungkap @alyadelima.

"Apa ngga cemburu istrinya mas jeremy @sophia_latjuba88" komentar @tin_2980.

Terlibat Film

Sophia Latjuba dan Jeremy Thomas

Namun seperti diketahui, hubungan Sophia Latjuba dan Jeremy Thomas tak lebih dari sekadar pekerjaan. Keduanya tengah terlibat photoshoot untuk film terbarunya, Mata Batin 2. (Felicia Margaretha)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNN Musnahkan 2.000 Gram Sabu dan 24.819 Ekstasi dari Prancis dan Belgia

Posted: 06 Sep 2018 10:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan barang bukti narkoba berupa 2.223,4 gram sabu, 24.819 butir MDMA atau ekstasi, 37.408 ml prekursor cair, 6.122 gram prekursor berbentuk serbuk dan 201.760,80 gram ganja. Barang bukti yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pengungkapan 10 kasus.

Kasus pertama yakni penggerebekan produksi sabu rumahan di BTN Griya Pesona Lembang, Majene, Sulawesi Barat, Senin (97). Dari penggerebakan itu, petugas BNN telah mengamankan empat orang tersangka yaitu SW alias Wahyu (29), Ju (44), Ha (43), dan LL alias Lubis (perempuan/55).

"Dari penggerebekan tersebut petugas BNN mengamankan barang bukti berupa bahan prekursor cair sebanyak 37.720 ml dan prekursor berbentuk serbuk sebanyak 6.170 gram," kata Kepala BNN Komjen Arman Depari di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (7/9/2018).

Lalu, pada kasus kedua, petugas menyita 2.932 butir ekstasi asal Prancis. Saat itu BNN dibantu dengan Bea Cukai dan Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat, mengamankan sebuah paket yang diduga berisi narkotika, Sabtu 2 Juni 2018.

"Paket yang berasal dari Prancis tersebut kemudian diambil oleh seorang berinisial FS sekitar pukul 10.30 WIB. Sesaat setelah FS mengambil paket, petugas melakukan penangkapan dan mengamankan 2.932 butir MDMA atau pil ekstasi yang berasal dari dalam paket tersebut," ujarnya.

Berikutnya, petugas menyita 3.444 ekstasi siap edar asal Belgium yang diamankan di depan pos Perumahan Griya Cinere 2, Depok, Jawa Barat. Paket yang sebelumnya telah diketahui berisi narkotika oleh Bea Cukai tersebut kemudian dilaporkan kepada BNN dan petugas pun melakukan penangkapan.

"Penangkapan dilakukan setelah petugas pos menyerahkan paket tersebut kepada tersangka IL (32), Selasa 12 Juni 2018. Setelah dibuka paket tersebut berisi sebuah speaker yang di dalamnya terdapat 4 bungkus plastik hitam dan ditemukan sebanyak 3.444 butir," sebutnya.

Selanjutnya, BNN mengamankan dua orang dengan barang bukti sabu seberat 95,40 gram. Saat itu, petugas mengamankan paket pos berisi narkotika pada Kamis 21 Juni lalu dari tersangka atas nama inisial MI dan SZ.

"Barang bukti tersebut di dapatkan petugas ketika Ml menerima sebuah paket berisi narkotika tersebut di rumahnya di Kampung Cidokom Wales, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Setelah dilakukan penyidikan lebih dalam petugas kemudian mengamankan tersangka SZ di daerah Bekasi yang diketahui sebagai pemilik barang tersebut," ucapnya.

Untuk kasus yang kelima, petugas menyita 3.019 ekstasi asal Belgi. Hal itu berawal dari informasi yang didapatkan dari Bea Cukai, Kamis (28/6) lalu, petugas BNN mengamankan seorang laki-laki berinisial KA penerima paket yang diduga berisi narkotika.

"Berdasarkan hasil introgasi KA mengaku diperintah oleh FS seorang Napi Lapas Cipinang untuk mengambil paket dan setelah itu mengantarnya ke alamat Jalan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Selanjutnya paket tersebut diambil oleh lelaki berinisial DH yang kemudian ditangkap petugas sesaat setelah mengambil paket," katanya.

Selain itu, petugas BNN menyita 3.080 ekstasi siap edar yang dibungkus dalam dua plastik bening di dalam sebuah karton berwarna cokelat yang dikirimkan melalui Kantor Pos diamankan petugas, Jumat (27/7).

"Berawal dari paket mencurigakan asal Belgia di Kantor Pos Tukar pos udara area cargo Bandara Soekarno-Hatta petugas selanjutnya melakukan pemeriksaan dan didapati paket tersebut positif merupakan narkotika. Seorang tersangka beinisial SP yang merupakan penerima paket tersebut hingga saat ini masih dalam daftar pencarian orang (DPO)," jelasnya.

Kasus ketujuh, BNNmenyita 2.140 gram sabu dan 10.478 butir ekstasi dari lima orang tersangka atas nama inisial RM alias Ayu, HH alias Man, RW alias Kak Rat, WA alias Ayud, dan MY alias Mun. Pengungkapan berawal dari laporan masyarakat akan adanya transaksi narkotika yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh petugas.

"Pada hari Senin 6 Agustus petugas mengamankan RM alias Ayu dan HH alias Man di sebuah mobil di halaman parkir Hotel Emma Graha, Jalan Soekarno Hatta, Kota Pekanbaru, Riau. Dalam penangkapan tersebut petugas menemukan 2 bungkus kristal putih diduga sabu dan 2 bungkus tablet yang diduga ekstasi. Selanjutnya petugas mengamankan tersangka RW alias Kak Rat, WA alias Ayud, dan MY alias Mun di halaman parkir Hotel Sabrina, Kota Pekanbaru, Riau," terangnya.

 

Ganja dari Aceh

BNN musnahkan barang bukti narkoba dari 10 kasus yang diungkap. (Merdeka.com/Nur Habibie)

Lebih lanjut, sebanyak tujuh karung seberat 98.732,50 gram ganja telah disita oleh petugas BNN, hasil kerja sama dengan Kantor Pos Tangerang Kota. Selain barang bukti, petugas juga mengamankan dua orang tersangka berinisial RK alias lwan alias Codet dan YP alias lyus sesaat setelah mereka mengambil paket tersebut di Kantor Pos Tangerang, Selasa (3/7).

"Yang kesembilan, petugas ungkap penyelundupan ganja melalui jasa pengiriman pos pada Selasa (3/7). Petugas BNN menangkap seorang tersangka berinisial Gu di rumahnya di Jalan Menjangan l, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Kota Tangerang," ujarnya.

"Gu ditangkap setelah menerima paket berupa 7 kardus berisi ganja. Ganja seberat 103.436,30 gram tersebut diketahui berasal dari Banda Aceh yang dikirimkan oleh seorang bernisial RN dengan menggunakan jasa pengiriman Pos," sambungnya.

Untuk kasus yang terakhir, pentugas menggagalkan penyelundupan 2.001 ekstasi yang melibatkan napi Tangerang dan Nusakambangan. Pengungkapan itu berawal dari informasi petugas Bea Cukai Soekarno Hatta bahwa terdapat barang diduga berisi narkotika asal Belgia.

"Petugas BNN pun melakukan penyelidikan. Selanjutnya, petugas mengamankan seorang lelaki berinisial KH sesaat setelah mengambil paket tersebut di Kantor Pos Pasar Baru, Jakarta Pusat. Setelah paket dibuka petugas menemukan narkotika jenis ekstasi sebanyak 2.001 butir," ujarnya.

Kemudian, dari hasil introgasi petugas mengamankan Yudi Wahyudi seorang napi Lapas Kelas I Tangerang yang diketahui memerintah KH. Selain itu, petugas selanjutnya mengamankan seorang berinisial DC di Perum Prima Tangerang.

"Setelah diintorgrasi DC mengaku bahwa ekstasi tersebut merupakan pesanan dari seorang Napi Nusa Kambangan benama Matroos Lucas," pungkasnya.

Reporter: Nur Habibie

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal MotoGP San Marino, Persaingan Dimulai Hari Ini

Posted: 06 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Misano - Banyak pihak yang kecewa setelah balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone terpaksa dibatalkan akibat cuaca buruk. Kini, mereka menanti persaingan kembali dimulai pada MotoGP San Marino 2018 di Sirkuit Misano.

Sebelumnya, para pembalap MotoGP harus menelan kekecewaan akibat situasi buruk jelang balapan MotoGP Inggris 2018, 26 Agustus. Meski telah melakoni sesi latihan bebas dan kualifikasi, mereka urung balapan setelah statusnya dibatalkan.

Kini, situasi serupa tentu diharapkan tak kembali terjadi pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano. Persaingan akan dimulai pada sesi latihan bebas, Jumat (7/9/2018), kualifikasi pada Sabtu (8/9/2018), dan diakhiri dengan balapan pada Minggu (9/9/2018).

Sekadar catatan, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez adalah pengoleksi kemenangan terbanyak di Sirkuit Misano, yakni lima kali. Sedangkan pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi baru mengukir tiga kemenangan, kalah satu digit dari pembalap Ducati, Jorge Lorenzo.

 

Jadwal MotoGP San Marino

Jumat, 07 September 2018

FP1 MotoGP (14:55 WIB)

FP2 MotoGP (19:05 WIB)

Sabtu, 08 September 2018

FP3 MotoGP (14:55 WIB)

FP4 MotoGP (18:30 WIB)

Q1 MotoGP (19:10 WIB)

Q2 MotoGP (19:35 WIB)

Minggu, 09 September 2018

WUP MotoGP (14:40 WIB)

RACE MotoGP (19:00 WIB)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Cabai dan Bawang Merah Kompak Turun

Posted: 06 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Terkendalinya harga bahan pangan tampaknya masih terjadi hingga saat ini. Bahkan, beberapa komoditas pangan di pasar tradisional menunjukkan penurunan harga. Seperti berbagai jenis cabai dan bawang merah.

Dari hasil pantauan Liputan6.com di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, harga bawang merah turun Rp 4.000 per kilogram (kg) yang kini dijual dengan harga Rp 24 ribu per kg.

"Ini kalau bawang merah baru turun kemarin, sebelumnya bawang putih," kata salah satu pedagang, Rahmayanti (51), saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (7/9/2018).

Sementara bawang putih sendiri saat ini dijual dengan harga yang sama, yaitu Rp 24 ribu per kg.

Untuk jenis cabai, cabai merah keriting dijual di harga Rp 26 ribu per kg, atau turun Rp 2.000 dibanding sebelumnya.

Sedangkan untuk cabai merah besar juga mengalami penurunan Rp 2.000 per kg yang kini dibandrol Rp 36 ribu per kg.

Sementara untuk cabai rawit merah memang ada kenaikan Rp 1.000 per kg. Namun menurut para pedagang harganya masih terjangkau, yaitu Rp 36 ribu per kg. Dan untuk harga cabai rawit hijau tidak memgalami perubahan di Rp 30 ribu per kg.

"Ini memangg lagi musimnya harga pada turun atau paling tidak enggak berubah. Nanti mau akhir tahun biasanya naik lagi," tambah pedagang lainnya, Haryanti (49).

 

Komoditas Lain

Pedagang menimbang cabai untuk di jual di pasar di Jakarta, Senin (20/2).  Kementan tidak akan mengambil langkah untuk mengimpor cabe dan bawang. Walau pun saat ini, harga cabe dan bawang mengalami keniakan. (Liputan6.com/Angga Yunair)

Untuk komoditas lainnya, harganya cenderung stabil. Sebagai contoh gula pasir dijual Rp 13 ribu per kg, tepung terigu Rp 8.000 per kg, minyak goreng Rp 13 ribu per kg, telur ayam Rp 24 ribu per kg, beras kualitas medium (IR 64) Rp 11 ribu per kg dan beras kualitas premium Rp 13 ribu per kg.

Sementara untuk daging seperti daging ayam kini dibanderol Rp 40 ribu per ekor dan daging sapi Rp 120 ribu per kg. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kunjungi Pedagang Ikan di Maluku, Sandiaga Inginkan Pemberdayaan Emak-Emak

Posted: 06 Sep 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno mengunjungi jibu-jibu atau penjual ikan keliling di Pasar Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah.

Dia menyebut kegiatan di pasar tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Sandi menilai adanya pelatihan, pendampingan dan pengaturan keuangan terhadap kewirausahaan juga dapat meningkatkan perekonomian.

Tak hanya itu, dia mengatakan dengan pemberian modal juga dapat membantu usaha para pedagang tradisional tersebut. Sandiaga Uno mengaku sempat berbincang-bincang dengan salah seorang pelaku UMKM.

"Ia membutuhkan sedikit dana untuk mengembangkan usahanya. Saya juga berbincang dengan Mama Tila Malbari, pedagang jibu-jibu. Hampir semua keluhannya sama, yaitu soal pelatihan dan modal usaha agar mereka berkembang dan naik kelas," kata Sandiaga Uno dalam siaran persnya, Jumat (7/9/2018).

 

Pemberdayaan Ekonomi

Karena hal itu, dia menyatakan pemberdayaan ekonomi emak-emak dapat dilakukan melalui lapangan pekerjaan yang terbuka dan harga kebutuhan pokok yang terjangkau. Salah satu solusi alternatifnya, menurut Sandi, yakni melalui kewirausahaan dan menjaga stabilitas harga sembako.

"Kita ingin ke depan, selain mama-mama jibu-jibu, lapangan pekerjaan bisa diciptakan melalui atlet-atlet bertalenta yang mendapatkan pelatihan dan akhirnya membawa harum nama bangsa," jelas Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Kembali Diperiksa KPK, Begini Ekspresi CEO Blackgold Natural Resources

Posted: 06 Sep 2018 10:05 PM PDT

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Philip diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eni Maulani Saragih terkait kasus dugaan menerima suap proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil tiba di gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Philip diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Eni Maulani Saragih terkait kasus dugaan menerima suap proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil berbincang dengan kuasa hukumnya Hervan D  Merukh sebelum menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Philip diperiksa terkait kasus proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil berbincang dengan kuasa hukumnya Hervan D Merukh sebelum menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Philip diperiksa terkait kasus proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil berbincang dengan kuasa hukumnya Hervan D  Merukh sebelum menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Philip diperiksa terkait kasus proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil berbincang dengan kuasa hukumnya Hervan D Merukh sebelum menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (7/9). Philip diperiksa terkait kasus proyek PLTU Riau-1. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil (tengah) didampinggi kuasa hukumnya Hervan D  Merukh tiba untuk menjalani pemeriksaan kasus PLTU Riau-1 di KPK, Jakarta, Jumat (7/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

CEO Blackgold Natural Resources, Rickard Philip Cecil (tengah) didampinggi kuasa hukumnya Hervan D Merukh tiba untuk menjalani pemeriksaan kasus PLTU Riau-1 di KPK, Jakarta, Jumat (7/9). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berkendara Saat Becek dan Hujan, Jangan Lupakan 3 Langkah Ini

Posted: 06 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Berkendara mobil perlu kesabaran, ketenangan, dan paling penting keamanan serta keselamatan. Apalagi jika kondisi cuaca turun hujan. Berkendara saat hujan, memang lebih berisiko. Sebab, selain visibilitas akan terganggu, jalanan pun becek atau tergenang air.

Menurut Executive Coordinator CSVC division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Budi Mahendra, berkendara saat hujan harus lebih ekstra hati-hati karena jalanan basah atau becek juga mengakibatkan hydroplaning.

"Hydroplaning menyebabkan ban mengambang (tidak menyentuh jalan) ketika melewati genangan air, yang paling terburuk dapat mengakibatkan kendaraan kehilangan kendali," ungkap Budi menggelar sharing edukasi Daihatsu Club Auto Clinic 2018 dengan tema Defensive Driving for Daihatsu Club, beberapa waktu lalu.

Nah, jika kondisi jalanan basah atau becek saat hujan, Budi memberikan beberapa tips yang perlu diperhatikan agar berkendara menjadi aman dan nyaman, berikut penjelasannya.

 

Teknik Berkendara

1. Kecepatan

Ketika hujan sebaiknya kecepatan maksimal kendaraan 70 km/jam, dan perhatikan kecepatan kendaraan di sekitar, hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya slip pada kondisi jalan basah.

2. Kondisi Ban

Pada musim hujan, ban yang prima adalah hal yang sangat penting, sehingga sebelum berkendara sebaiknya memeriksa kembangan ban mobil dalam keadaan baik. Saat membeli  ban, pilihlah ban yang direkomendasikan untuk permukaan kering dan basah.

3. Tekanan Angin

Sebelum berkendara, sebaiknya memeriksa tekanan angin pada ban, apakah sudah sesuai dengan standar tekanan angin yang ditetapkan (sesuai dengan spesifikasi standar masing-masing kendaraan).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kiprah Mendunia Pabrik Cerutu Tertua di Indonesia

Posted: 06 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Yogyakarta - Tidak banyak orang yang tahu kalau perusahaan pabrik cerutu tertua di Indonesia justru berada di Yogyakarta. Bangunan 8.920 meter persegi di atas lahan seluas 2,2 hektare yang berada di Jalan Kompol Bambang Suprapto, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta, itu lebih mirip rumah tua.

Tidak banyak juga orang yang tahu bangunan itu dipergunakan untuk apa. Memang ada tulisan PT Taru Martani yang jadi identitas bangunan itu. Namun, masih ada juga orang awam yang berpikir bangunan itu adalah perusahaan rokok lintingan rumah tangga. Bahkan, sebagian orang juga mengira perusahaan itu sudah tutup.

Bangunan itu berdiri sejak 1918. Artinya, usianya sudah satu abad. Sejak awal dibangun sampai sekarang, aktivitasnya sama. Bangunan itu melahirkan cerutu dan tembakau iris saus atau tembakau shag untuk diekspor ke berbagai negara.

Perbedaannya, terletak pada nama perusahaan yang sudah berganti beberapa kali. Berdiri pada masa kolonial, pabrik itu milik seorang Belanda bernama Mignot. Semula, cerutu dan tembakau shag yang diproduksi hanya untuk pasar Hungaria.

Ketika masa pendudukan Jepang, perusahaan itu pun diambil alih dan diberi nama Tobaco Kojo. Pascakemerdekaan, pemerintah RI pun mengakuisisi dan menyerahkan perusahaan itu menjadi Perusahaan Daerah (PD) Taru Martani Yogyakarta pada 1966. Nama baru muncul pada 1972 sampai 1986 menjadi Taru Martani Baru.

Setelah itu, perusahaan cerutu itu kembali berganti nama menjadi PD Taru Martani pada 1986 sampai 2012. Setelah itu, status PD pun berubah menjadi PT sampai saat ini.

"Statusnya PT, tetapi mayoritas saham dipegang pemerintah daerah. Alasan ganti PT supaya Taru Martani punya keleluasaan untuk berkembang di dunia internasional mengingat secara administratif, PD tidak dikenal," ujar Nur Akhmad Affandi, Direktur Utama PT Taru Martani, Selasa, 4 September 2018.

Konsekuensi dari PT membuat Taru Martani berkembang menjadi badan usaha serba usaha. Selain cerutu yang diekspor ke Amerika, Jepang, Malaysia Siprus, Jerman, Belanda, perusahaan ini juga memproduksi briket arang bahan baku dari serbuk kayu yang diekspor ke Korea.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Pesan dari Sultan HB IX

PT Taru Martani di Yogyakarta merupakan pabrik cerutu tertua di Indonesia yang bertahan melawan segala zaman (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Berbicara Taru Martani tidak bisa dilepaskan dari Sultan HB IX, yang ketika itu menjadi Raja Keraton Yogyakarta sekaligus gubernur. Ia mencetuskan nama Taru Martani yang sarat filosofi dan harapan.

Taru Martani berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa. Taru berarti 'daun' dan martani yang bermakna 'kehidupan'. Nama ini bisa diterjemahkan sebagai daun tembakau yang memberi kesejahteraan kepada masyarakat.

"Pabrik ini harus dipertahankan dalam kondisi sesulit apa pun, tidak boleh ditutup sebagai implementasinya sebagai amanah dari Sultan HB IX," ucap Nur.

PT Taru Martani mempekerjakan 200-an orang pekerja yang bertugas di ruang produksi. Mereka rata-rata sudah bekerja lebih dari 20 tahun.

Regenerasi pekerja biasanya dari keluarga ke keluarga. Bahkan, sudah ada tiga generasi keluarga yang bekerja di perusahaan ini.

Sebagai pabrik cerutu korporasi pertama di Indonesia, agen-agen Taru Martani di luar negeri juga sangat loyal. Menurut Nur, mereka menganggap pengalaman panjang usia mencapai 100 tahun sebagai sebuah konsistensi, serta kekhasan rasa Java Cigar (rokok Jawa) yang eksotik.

Produk cerutu Taru Martani dikemas dalam berbagai ukuran dan merek untuk dipasarkan di luar negeri. Ada pula yang custom, artinya pembeli memesan cerutu tetapi tanpa merek.

"Biasanya mereka yang melabeli merek sendiri," tuturnya.

Taru Martani bisa menghasilkan ratusan ton tembakau shag dan kapasitas produksi cerutu 315.000 batang per bulan.

 

 

Kendala Stigma

PT Taru Martani di Yogyakarta merupakan pabrik cerutu tertua di Indonesia yang bertahan melawan segala zaman (Liputan6.com/ Switzy Sabandar)

Sekalipun digemari di dunia internasional, Nur tidak menampik pemasaran cerutu di Indonesia justru kerap terkendali stigma. Kampanye antirokok kerap dikaitkan dengan keberadaan cerutu.

"Masyarakat tidak bisa membedakan cerutu dengan rokok. Di dunia internasional orang meyakini cerutu adalah bagian dari lifestyle, cigar is not cigarette," ujarnya.

Persoalan lain adalah anggapan cerutu impor yang mahal lebih bagus, padahal harga mahal cerutu impor karena peraturan dari pemerintah untuk melindungi pabrik dalam negeri.

Cerutu impor bisa mencapai harga Rp 170.000 per batang, sedangkan cerutu Taru Martani dijual mulai Rp 2.000 sampai Rp 50.000 per batang, tergantung jenisnya.

Ia juga tidak sepakat apabila cerutu satu negara atau daerah dibandingkan dengan cerutu di tempat lain. Sebab, rasanya pasti berbeda-beda tergantung selera dan racikan daun tembakau yang menjadi kekhasan di suatu wilayah.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Setelah Bulu Tangkis dan Wushu, Kini Giliran Atlet Tenis dapat Jam Tangan Mewah

Posted: 06 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semarak pesta olahraga Asian Games 2018 tampaknya belum surut. Hingga kini, ragam hadiah atas pencapaian prestasi para atlet Indonesia masih terus berdatangan.

Setelah atlet bulu tangkis yang mendapatkan banyak hadiah, disusul dengan Lindswell Cs dari cabang olahraga wushu yang juga menyabet ragam apresiasi, kini giliran atlet tenis Aldila Sujiadi dan Christopher Rungkat yang menerima hadiah jam tangan mewah TAG Heuer dari Time International.

Atlet Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat sukses mengalahkan pasangan Luksika Kumkhum dan Soncha Ratiwatana dari Thailand pada seri ganda campuran tenis yang digelar pada tanggal 25 Agustus lalu di Jakabaring Sport City, Palembang.

Mendapat hadiah jam tangan mewah

Prestasi membanggakan, para atlet terus dibanjiri hadiah. Kini giliran atlet tenis mendapatkan hadiah jam tangan mewah.

Peraihan medali emas dari pasangan ini merupakan sebuah pencapaian yang membanggakan setelah terakhir kali tenis menyumbang emas untuk Indonesia pada tahun 1990 lewat aksi Yayuk Basuki dan Hary Suharyadi pada ajang Asian Games 1990 di Beijing, China.

Sebagai bentuk penghargaan, Time International mengundang Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat ke Butik Tag Heuer Pacific Place Jakarta untuk mendapatkan hadiah berupa jam tangan lansiran brand tersebut.

Bangga akan prestasi para atlet Indonesia

Prestasi membanggakan, para atlet terus dibanjiri hadiah. Kini giliran atlet tenis mendapatkan hadiah jam tangan mewah.

Irwan Danny Mussry selaku Presiden & CEO dari Time International mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian para atlet yang telah berjuang dalam ajang Asian Games 2018.

"Dengen rasa bangga dan selamat kepada para petenis Indonesua yang mempu memberikan usaha terbaik hingga pencapaiannya dalam menyabet medali emas di ajang Asian Games 2018. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya telah membuat bangsa ini bangga atas pencapaian yang diraih dan akan menjadi sejarah serta contoh bagi generasi mendatang," ungkap Irwan."

Dipilihnya TAG Heuer untuk diberikan kepada para atlet tenis memiliki alasan tersendiri. TAG Heuer memiliki dedikasi dan komitmen yang sama seperti para atlet Indonesia. Dengan performa baik yang mampu bekerja dalam kondisi di bawah tekanan sekalipun, menjadikan jam tangan ini pilihan yang tepat. Selain itu, desain unik dan didukung dengan kombinasi teknologi, serta akurasi menjadikan jam tangan ini sebagai pilihan jam tangan ikonis yang menjanjikan.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ilmuwan Belgia Mencari Orang yang Mau Mendonorkan Fesesnya, Untuk Apa?

Posted: 06 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Ghent - Para ilmuwan di Belgia mencari orang-orang yang bersedia menyumbangkan kotoran mereka untuk diteliti. Feses para donatur nantinya akan digunakan sebagai objek untuk membantu penelitian penyakit, mulai dari gangguan pencernaan di usus dan alergi terhadap penyakit saraf.

Di Rumah Sakit Ghent University --salah satu yang terbesar di Belgia dan menjadi langganan Presiden Belgia-- para peneliti sedang melakukan transplantasi mikrobiota fekal (bakteri yang terdapat dalam tinja manusia) pada pasien.

Periset mengekstrak mikrobiota yang baik --organisme kecil yang hidup di usus besar-- dari pendonor untuk kemudian ditransfer ke pasien yang sakit.

"Bagaimana kami menemukan donor? Tidaklah mudah. ​​Banyak orang yang enggan menyumbangkan kotoran mereka, karena ini juga sulit untuk dibicarakan. Tetapi kami memulai mengampanyekannya di media lokal, di Flanders," kata peneliti biomedis asal Belgia, Hannelore Hamerlinck, seperti dikutip dari Aol.com, Jumat (7/9/2018).

Selain gangguan usus, feses bisa dijadikan sebagai aset untuk mencari obat terhadap penyakit-penyakit lainnya. Selama dekade terakhir, semakin banyak penelitian yang membenarkan bahwa ada hubungan antara mikrobiota yang hidup di dalam usus dengan munculnya penyakit, termasuk alergi dan kanker.

"Mikroba berada di pusat sistem tubuh. Bakteri dalam usus memproduksi hormon yang akan memengaruhi otak. Mikroba juga membantu manusia untuk membersihkan zat-zat yang buruk dan mencerna beberapa di antaranya," imbuh Hamerlinck.

Pendonor yang bersedia ikut berpartisipasi dalam penelitian ini harus dalam kondisi sehat. Pertama, dia harus mengisi kuesioner ekstensif dan harus diuji selama tiga bulan, sebelum fesesnya memenuhi syarat untuk disumbangkan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

Tinja Bayi Bagi Kesehatan

Ilustrasi lidah bayi (iStockphoto)

Sementara itu, para ilmuwan di Wake Forest School of Medicine telah mengembangkan "koktail probiotik" yang berasal dari strain bakteri usus yang ditemukan pada tinja bayi. Mereka mengklaim hal tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan usus dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

"Apa yang kami temukan adalah bakteri yang diisolasi dalam tinja bayi, menghasilkan jumlah asam lemak rantai pendek yang lebih tinggi," kata peneliti utama studi tersebut Hariom Yadav seperti dilansir dari Winston-Salem Journal pada Senin 27 Agustus 2018.

"Itu bisa membantu orang dengan diabetes, obesitas, kanker, penyakit autoimun, dan lansia," tambahnya.

Meningkatkan asam lemak rantai pendek (sumber utama energi untuk sel yang melapisi usus besar Anda), mungkin membantu dalam mempertahankan atau memulihkan lingkungan usus yang normal. Terutama pada orang-orang yang terganggu oleh penyakit maupun usia.

Feses bayi dipilih dalam penelitian tersebut karena bayi tidak tersentuh oleh penyakit yang berkaitan dengan usia.

"Orang dewasa juga memiliki bakteri baik, tetapi mikrobioma bayi, bakteri dalam usus mereka, jauh lebih sehat daripada yang lebih tua," ujar Yadav yang merupakan Asisten Profesor Kedokteran Molekuler di Wake Forest School of Medicine, Amerika Serikat.

Penelitian ini menguji kemampuan probiotik asal manusia untuk meningkatkan kesehatan usus. Probiotik, yang umumnya ditemukan dalam yogurt dan makanan fermentasi lainnya, adalah bakteri yang menjaga usus tetap sehat.

Sementara itu, "Koktail probiotik" ini belum siap untuk dikonsumsi manusia, sekalipun telah diuji dan berhasil pada tikus di dalam penelitian.

"Beberapa probiotik yang ada di pasar berasal tanah, makanan yang difermentasi, acar. Tetapi, kebanyakan probiotik harus berasal dari manusia jika mereka akan kembali ke manusia," kata Yadav.

Tahap berikutnya adalah menguji "koktail probiotik" itu pada tikus yang tidak sehat untuk melihat efeknya, serta pada primata. Hingga suatu hari nanti, bisa dimasukkan dalam yogurt, bubuk, atau kapsul untuk digunakan manusia.

Yadav sendiri tidak merekomendasikan untuk menggunakan feses bayi untuk berbagai hal saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Akhirnya, Jalan di Kabupaten Mahakam Ulu Kalimantan Bakal Tersentuh Aspal

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selain jalan paralel lintas perbatasan di Kalimantan Timur, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan membangun jalan akses Tering-Long Bagun sepanjang sekitar 145 km yang menghubungkan Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Bila sudah selesai, maka jalan akses tersebut akan menjadi jalan aspal pertama yang berada di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Perbatasan Kalimantan Timur Beni Firmansyah mengatakan, jalan akses Tering-Long Bagun akan menggantikan posisi Sungai Mahakam sebagai jalur transportasi utama masyarakat Mahulu.

"Pada 2017 kami sudah kerjakan 2,5 km dari arah Tering, Kutai Barat. Jadi kalau jalan ini bisa difungsikan, masyarakat dari Mahulu nanti transportasinya enggak harus menggunakan sungai. Jadi penyaluran moda transportasi baik berupa hasil bumi maupun moda bahan bakar bisa lebih mudah lagi," tuturnya di Ujoh Bilang, Kalimantan Timur, Jumat (7/9/2018).

Pembangunan Jalan Tering-Long Bagun sendiri dilakukan oleh kontraktor pelaksana PT Quds Rabbani Almunawwar dengan nilai kontrak sebesar Rp 21,3 miliar. Kucuran dana tersebut selanjutnya akan dimanfaatkan untuk pengaspalan jalan sepanjang 3 km.

"Di kabupaten Mahulu sendiri saat ini belum ada jalan aspal. Baru mau kita kerjakan sepanjang 3 km, baru pengerasan. Mahakam Ulu saat ini belum ada jalan aspal, masih beton (Rigid Pavement) dan masih full sungai," jelas Beni.

 

Potong Waktu Perjalanan

Kementerian PUPR membangun jalan akses Tering-Long Bagun sepanjang sekitar 145 km yang menghubungkan Kabupaten Kutai Barat dan Kabupaten Mahakam Ulu. (Maul/Liputan6.com)

Dia juga menyatakan, kehadiran jalan akses ini ke depannya akan memotong waktu perjalanan dari Kutai Barat menuju Mahulu.

"Kalau ini nanti sudah teraspal penuh, bisa memangkas waktu yang tadinya harus 4 jam lewat sungai menjadi 2,5 jam," ungkapnya.

"(Harga) bahan bakar kayak solar mungkin lebih murah harganya, terus perekonomian masyarakat juga lebih murah. Pemukiman dan pusat ekonomi baru juga bisa muncul dengan adanya jalan ini," dia menambahkan.

Di samping Tering-Long Bagun, Kementerian PUPR juga tengah merekonstruksi satu jalan akses lagi di Kabupaten Mahulu, yakni Long Bagun-Long Pahangay sepanjang 90 km.

"Kalau dua ruas ini bisa dibangun, Insya Allah paralel perbatasan bisa berfungsi sekali," tukas Beni.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjalanan Pawai Obor Asian Para Games 2018

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kirab lentera untuk obor Asian Para Games 2018 sudah diawali di Kota Solo, Rabu, 5 September 2018 lalu. Api untuk obor Asian Para Games 2018 itu sendiri, diambil di sumber api abadi, Mrapen, Grobogan.

Setelah itu, api yang dimasukkan ke dalam kotak lentera itu langsung dibawa menuju kantor National Paralympic Committe (NPC) di Jalan Sutami, Solo.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Indonesia 2018 Asian Para Games (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari, Ternate akan menjadi tempat penyalaan obor Indonesia 2018 Asian Para Games untuk pertama kalinya.

"Ini momen bersejarah. Ini pertama kali Indonesia jadi tuan rumah Asian Para Games. Mari kita viralkan event ini. Kita buktikan bahwa Indonesia ramah disabilitas. Pesan itu harus bisa sampai kepada masyarakat kita bahkan dunia," tegasnya.

Dijelaskan, Ternate dipilih untuk mewakili Indonesia bagian timur. Rencananya, obor Indonesia 2018 Asian Para Games akan diserahterimakan pada Presiden Jokowi yang akan hadir dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional di Stadion Kie Raha, Ternate.

Keliling Ibu Kota

Asian Para Games 2018 akan berlangsung mulai 6 Oktober nanti.

Setelah itu, pawai obor lanjut ke Makassar, Sulawesi Selatan pada 12 September. Dari Makassar, pawai diteruskan ke Bali (16/9), Pontianak, Kalimantan Barat (19/9). Kemudian ke Medan, Sumatera Utara (23/9) dan Pangkal Pinang, Bangka Belitung (26/9).

Titik puncak pawai obor adalah pada 30 September di Jakarta. Sama seperti Asian Games, api akan dibawa keliling Ibu Kota untuk kemudian digunakan membakar kaldron Asian Para Games di kompleks Gelora Bung Karno pada pembukaan Asian Para Games 6 Oktober mendatang.

Festival Paralympian

Raja Sapta Oktohari menyebut persiapan sudah matang dan Indonesia sudah siap memulai rangkaian Asian Para Games 2018.

Di setiap kota yang dikunjungi, obor Indonesia 2018 Asian Para Games akan diterima oleh kepala daerah dan disemayamkan di balaikota. Untuk terus menggelorakan semangat Asian Para Games, Inapgoc akan menggelar Festival Paralympian yang akan melibatkan atlet paralimpik Indonesia dan juga komunitas disabilitas di masing-masing kota.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Smokey and The Bandit, Film Legendaris Burt Reynolds

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Aktor populer Hollywood Burt Reynolds, mengembuskan nafas terakhirnya pada Kamis (6/9/2018) waktu setempat di Jupiter Medical Center, Florida, akibat serangan jantung. Semasa hidupnya, ia membintangi film-film ternama di era 1970 hingga 1980-an.

Aktor yang dikenal dengan kumis ikoniknya telah berperan dalam banyak film, baik di layar lebar maupun televisi. Peran yang dimainkan Burt Reynolds juga sangat beragam, mulai dari peran pria tangguh, romantis, hingga komedi. Film-film di bawah ini merupakan salah satu film-film terbaiknya.

"Paman saya bukan hanya ikon film, dia adalah seorang pria yang murah hati, penuh gairah dan sensitif, yang mendedikasikan diri untuk keluarganya, teman, penggemar dan siswa akting,"  kata keponakan Burt Reynolds, Nancy Lee Hess, dalam sebuah pernyataan yang dikirim ke Reuters oleh Kritzer.

 

Deliverance (1972)

Deliverance (Foto: IMdb/Warner Bros. )

Film arahan John Boorman ini menjadi film yang membawa nama Burt Reynolds melonjak dalam dunia perfilman. Bercerita tentang petualangan empat pebisnis yang berubah menjadi berbahaya, Reynolds beradu akting dengan aktor-aktor ternama lainnya seperti Jon Voight, Ned Beatty, dan Ronny Cox. Burt Reynolds sendiri mengakui bahwa film ini merupakan film terbaiknya.

 

The Longest Yard (1974)

The Longest Yard (Foto: IMdb/Paramount Pictures)

Dalam film komedi olahraga ini, Reynolds berperan sebagai Paul Crewe, seorang mantan pemain NFL yang kemudian menjalani hidupnya di balik jeruji. Film ini pun semakin mengangkat nama Burt Reynolds sebagai aktor Hollywood.

Reynolds pun mendapatkan nominasi Golden Globe sebagai aktor terbaik kategori film komedi. Kesuksesan film ini pun membuatnya kembali dibuat ulang pada 2005 silam. Adam Sandler menggantikan peran Reynolds sebagai Paul Crewe.

 

Smokey and the Bandit (1977)

Smokey and the Bandit (Foto: IMdb/ Universal Pictures)

Film yang disutradarai oleh teman sekamar Reynolds, Hal Needham, merupakan salah satu film tersukses Burt Reynolds. Pada film aksi romantis ini, Reynolds berperan sebagai seorang pengemudi truk yang biasa dipanggil dengan sebutan "Bandit".

Topi koboi dan mobil Pontiac hitam bergambar elang emas yang dikendarai Reynolds pun sempat menjadi populer pada masa itu. Reynold kemudian melanjutkan keberhasilannya sebagai "Bandit" dalam sekuel film Smokey and the Bandit yang kedua dan ketiga.

 

Semi-Tough (1977)

Semi-Tough (Foto: IMdb/ United Artists)

Burt Reynolds, bersama dengan Kris Kristofferson, kembali berperan sebagai atlet profesional American Football dalam film komedi ini. Di balik perannya sebagai atlet NFL, Burt Reynolds ternyata pernah menjadi pemain sepakbola amerika untuk kampusnya saat masih kuliah.

 

Boogie nights (1997)

Boogie Night (Foto: IMdb/New Line Cinema)

Film inilah yang akhirnya membawa Reynolds pada nominasi penghargaan paling bergengsi dalam dunia perfilman, Academy Awards. Reynolds yang tujuh kali menolak tawaran untuk berperan dalam film ini, akhirnya menerima ajakan sutradara Paul Thomas Anderson.

Selain nominasi Oscar, Reynolds juga memenangkan delapan penghargaan film kategori aktor pendukung atas perannya sebagai Jack Horner. (Felicia Margaretha/mgg)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Persija Jakarta di Liga 1 2018

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta kalah 1-2 saat beruji coba lawan Selangor FA di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (6/9/2018). Namun, pertandingan ini diklaim kubu Tim Macan Kemayoran tetap penting sebagai pemanasan mereka jelang bergulirnya kembali Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak.

"Ini bagus buat kami sebelum menjelang laga kompetisi lanjutan melawan Borneo FC," ujar kapten Persija, Ismed Sofyan, pada sesi konferensi pers setelah pertandingan.

Bek kanan andalan berusia 39 tahun itu menyebut, Persija membutuhkan atmosfer kompetitif, setelah libur cukup lama lantaran Asian Games 2018.

"Atmosfer seperti ini kami harus dapatkan karena di pertandingan nanti kami bermain tandang ke Samarinda," ujarnya.

Tengah pekan ini, kompetisi level tertinggi sepak bola Indonesia itu memang akan kembali dimainkan. Dan, Persija akan langsung tandang ke Kalimantan memenuhi tantangan Borneo FC.

 

Posisi Ketujuh

Pemain tengah Selangor FA, Evan Dimas Darmono (tengah) saat laga persahabatan melawan Persija di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (6/9). Persija kalah 1-2. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Persija sendiri, saat ini masih tertahan di posisi ketujuh klasemen Liga 1 2018. Dari total 20 pertandingan, Ismed dan kawan-kawan mengumpulkan 30 poin.

Praktis, mereka masih membutuhkan banyak kemenangan untuk memperbaiki posisi ke papan atas. Dan, itu bisa dimulai saat tandang ke kandang Borneo FC.

Berikut jadwal Persija selama bulan September di Liga 1 2018.

 

Jadwal Persija

12 September

18.30 WIB, Borneo FC vs Persija

18 September

18.30 WIB, Persija vs PSIS Semarang

23 September

18.30 WIB, Persib vs Persija

30 September

15.30 WIB, Persija vs Perseru

Simak video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

New York Fashion Week 2019, Tom Ford Hadirkan Nuansa Eksotis Bermotif Kulit Hewan

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ajang mode bergengsi fashion week telah dimulai. Kota New York menjadi pembuka rangkaian pekan mode yang nantinya akan digelar secara bergantian di beberapa kota fashion dunia lainnya seperti Paris, Milan, dan London.

Pekan fashion week merupakan kesempatan para desainer menampilkan karya-karyanya yang bisa dijadikan patokan atau referensi Anda untuk tampil gaya dengan tren fashion di musim mendatang.

Di Hari pertama New York Fashion Week Spring 2019, Tom Ford menampilkan karya-karya yang menyita perhatian. Dengan menginfusi gaya retro glam, serta membawa kembali tekstur kulit buaya yang mengaksentuasi beberapa koleksinya. Selain itu, desain-desain minimalis dan romantis juga hadir dalam karya Tom Ford.

Tak hanya menampilkan gaun-gaun sederhana, namun konsep minimalis kian menjadi tegas dengan garis rancangan yang diciptakannya.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

Detail koleksi Tom Ford Sping 2019

1. Jaket animal print

 
 
 
View this post on Instagram

The TOM FORD SS19 Runway Show. #TOMFORD #TOMFORDSS19 #NYFW

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

2. Aksen croco

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

3. Desain Minimalis

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

Makeup

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

Tema makeup yang diusung Tom Ford kali ini sarat akan kesan bold dengan aksen smoky eye yang menjadi tren di era 70-an. Dalam menciptaka kreasi ini, Makeup Artist Diane Kendal merupakan sosok yang mengkreasikan tampilan para model di panggung Tom Ford Spring 2019.

 

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

Rambut

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by TOM FORD (@tomford) on

 

Aksen hair scarves mengambil peran tersendiri dalam keseluruhan penampilan para model. Disempurnakan dengan gaya rambut chignon, menghadirkan inspirasi yang bisa dijadikan alternatif gaya di tahun mendatang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ridwan Kamil Cari Mantu dan Minta Anaknya Dirayu

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ridwan Kamil curhat di Instagram tentang status anaknya. Ia meminta warganet mencarikan anaknya mantu, dan minta anaknya dirayu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laptop Sulit Konek ke Jaringan WiFi? Tips Berikut Layak Kamu Coba

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apakah dari kamu pernah mengalami masalah dengan koneksi WiFi di laptop ketika mengerjakan tugas di kampus atau di kantor? Padahal laptop lain yang terhubung dengan koneksi WiFi semuanya beroperasi dengan normal. Tentunya hal ini membuat kamu kesal.

Nyatanya, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kamu tidak dapat terhubung dengan internet via WiFi. Salah satunya adalah masalah WiFi di perangkat.

Di dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com merangkum cara mengatasi laptop yang tidak bisa terkoneksi WiFi.

1. Aktifkan Adapter WiFi

Hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengaktifkan adapter WiFi di laptop. Cara paling mudah adalah dengan menekan tombol kombinasi Fn+F3.

2. Instal Ulang Driver WiFi

Ilustrasi WiFi. (Doc: Getty Images)

Salah satu cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menginstal ulang driver di laptop.

Oleh sebab itu, jika WiFi yang ada di laptop kamu mati dan cara di atas tidak berhasil mengatasinya, besar kemungkinan driver WiFi kamu ada masalah.

Sebaiknya instal ulang driver tersebut. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan pergi ke Control Panel > Hardware and Sound > Lalu klik "Device Manager".

Setelah itu, buka Network adapter > pilih Wifi adapters yang digunakan (kami pakai Intel Dual). Klik kanan maka akan muncul pilihan Uninstall, klik opsi tersebut.

Kemudian, tuju ikon paling kanan di bar (gambar monitor komputer dengan kaca pembesar) untuk mencari dan menginstal driver secara otomatis.

3. Setting Ulang IP Address

Ilustrasi modem WiFi rumah (iStock)

Hampir sama dengan cara yang pertama, ketika kamu klik kanan pada pengaturan WiFi > lalu pilih "properties" > jika sudah pilih "Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4)" > setelah itu pilih "Obtain an IP address automatically" dan "Obtain an DNS server address automatically".

4. Restart Laptop Kamu

Jika semua cara di atas tidak dapat membuahkan hasil, maka cara yang selanjutnya adalah dengan mencoba restart laptop.

5. Restart Router

Bila kamu memiliki akses ke perangkat router, kamu bisa me-restart router penyedia WiFi yang digunakan.

(Ysl)

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ibu Sakit Kanker Darah, Anak Bakal Alami Hal yang Sama?

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Berbeda dengan kanker payudara dan usus, kanker darah bukanlah penyakit keturunan.

"Bukan, kanker darah bukan penyakit yang diturunkan dari pasien ke anak mereka," kata konsultan hematologi Parkway Cancer Center Singapura, Colin Phipps Diong.

"Bahkan saat ibu mengandung dengan kondisi terkena kanker darah, anaknya baik-baik saja," lanjut Colin dalam diskusi media pada Kamis (6/9/2018).

Mutasi gen yang terjadi di pasien kanker darah, kata Colin, terjadi secara spontan dan tidak diwariskan oleh orangtua.

Para dokter pun hingga kini belum mengetahui pasti faktor risiko seseorang terkena kanker darah. Bila pada kanker padat itu erat kaitannya dengan kebiasaan merokok, tidak begitu dengan kanker darah.

"Faktor risiko yang sudah terbukti meningkatkan kanker darah adalah kemoterapi, radiasi, dan terpapar bahan kimia yan biasa digunakan di industri petrokimia," kata Colin.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

Gejala

Pada umumnya, seseorang yang terkena kanker darah menunjukkan beberapa gejala awal. Diantaranya, kata Colin, demam dalam waktu yang lama, keluar keringat dingin di malam hari, tak nafsu makan, berat badan turun drastis tanpa direncanakan. Lalu, pada sebagian orang ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening.

Namun, bisa juga pasien kanker darah tidak menunjukkan gejala di atas. Pada beberapa kasus, seseorang diketahui mengalami kanker darah usai melakukan pengecekan darah. Ketika hasil cek darah menunjukkan ketidaknormalan sebaiknya segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti disarankan Colin.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Maksa Banget, 7 Momen Kocak Sepeda Motor Angkut Barang Besar Ini Bikin Ngakak

Posted: 06 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kendaraan roda dua atau biasa kita sebut motor pasti dimiliki oleh beragam orang di dunia. Hal ini lantaran alat transportasi tersebut praktis dan mudah digunakan.

Terlebih lagi motor cocok dikendarai saat kondisi jalan sedang padat dan macet. Selain digunakan utnuk berpergian, motor juga bisa berfungsi mengangkut barang.

Kocaknya sejumlah barang yang diangkut oleh motor ini melebihi kapasitas bahkan melebihi ukuran motor itu sendiri. Alhasil orang-orang dibuat bengong dan geleng-geleng kepala dengan aksi para pemotor itu.

Dikutip dari berbagai sumber, ini aksi kocak pengendara motor yang maksa angkut barang lebih besar dari ukuran motor itu sendiri.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini

1. Gereget Banget Nih

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

2. Pengen Nonton TV Tapi Lagi Naik Motor

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

3. Kalau Beban Hidupmu Berat, Menghadaplah ke Atas

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

4. Helm Full Body

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

5. Rumah Portable

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

6. Pro Banget yang Bawa Motor

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

7. Ngalangin Jalan Woi

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Najwa Shihab Mengaku Sempat Ditawari Jadi Timses Jokowi-Ma'ruf

Posted: 06 Sep 2018 09:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Jurnalis senior Najwa Shihab mengaku pernah ditawari menjadi salah kandidat Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf.

"Memang selama ini, ada berbagai tawaran," ucap Najwa Shihab kepada Liputan6.com, Jumat (7/9/2018).

Namun, Najwa menolak permintaaan tersebut lantaran tak ingin terjun ke dunia politik. Menurut Najwa, ida masih ingin fokus terlebih dahulu sebagai jurnalis.

"Pada semua pihak jawabnya selalu sama, saya belum ingin terjun ke dunia politik. Masih tetap di dunia jurnalistik dan sedang fokus membesarkan Narasi TV," tandas Najwa.

Selain Najwa Shihab, ada nama Mantan Ketua INASGOC Asian Games 2018, Erick Thohir.

Hal ini pun sempat diakui oleh bakal calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Ya, saya kira Erick Thohir, kalau enggak salah sudah ditetapkan," ucap Ma'ruf.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chiellini Tunda Pensiun dari Timnas Italia

Posted: 06 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Giorgio Chiellini sempat bimbang memutuskan masa depannya bersama timnas Italia. Akan tetapi, dia kemudian menunda pensiunnya setelah melihat antusiasme para penggawa muda Gli Azzurri.

Setelah timnas Italia dipastikan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia, Chiellini sempat menyatakan niatnya untuk pensiun dari pentas internasional. Alasan itu diambil mengingat dirinya kini sudah tidak lagi muda, yakni berumur 33 tahun.

Beberapa bulan yang lalu, kapten Juventus tersebut kembali mengatakan bahwa dirinya tengah membicarakan masa depannya bersama beberapa pihak. Tak lama kemudian, ia memutuskan untuk menunda masa pensiunnya.

Dalam konferensi pers jelang laga melawan Polandia, Chiellini berujar bahwa dirinya benar-benar hampir menutup diri dari timnas Italia. Namun, keputusannya berubah drastis setelah melihat antusiasme pada penggawa muda.

"Benar saya mempertimbangkan beberapa hal dan telah berdiskusi dengan teman-teman. Saya tidak yakin akan kembali," ujar Chiellini dikutip dari Football Italia. "Tetapi antusiasme pemain muda benar-benar memberikan dorongan kepada Anda."

Tak Bisa Tinggalkan Azzurri

Bek Juventus Giorgio Chiellini mengaku sulit tinggalkan timnas Italia. (AFP/Marco Bertorello)

Berkat itu, Chiellini semakin yakin bahwa dirinya belum bisa meninggalkan timnas. Dia berharap kehadirannya tidak akan menjadi pengganggu keharmonisan skuat asuhan Roberto Mancini tersebut.

"Di kamp latihan ini ada atmosfer yang tenang serta keinginan untuk maju, melakukan sesuatu dan tidak melihat masa lalu," ucapnya.

"Anda tak bisa meninggalkan timnas. Harapannya, kehadiran saya tidak akan menjadi masalah bagi skuat," tuturnya.

Polandia

Laga UEFA Nation League timnas Italia kontra Polandia akan digelar pada Sabtu (8/9/2018) dini hari WIB. Pertandingan itu akan berlangsung di Stadion Renato Dall'Ara, Bologna.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: BNN Musnahkan Narkotika dari 10 Kasus Berbeda

Posted: 06 Sep 2018 09:50 PM PDT

Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko menunjukkan barang bukti kasus narkotika sebelum dimusnahkan di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). Di antaranya 2.223,4 gram sabu, 24.819 butir ekstasi, dan 37.408 ml prekursor cair. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Kepala BNN Irjen Pol Heru Winarko menunjukkan barang bukti kasus narkotika sebelum dimusnahkan di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). Di antaranya 2.223,4 gram sabu, 24.819 butir ekstasi, dan 37.408 ml prekursor cair. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan barang bukti kasus narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). BNN juga memusnahkan 6.122 gram prekursor serbuk dan 201.760,80 gram ganja. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan barang bukti kasus narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). BNN juga memusnahkan 6.122 gram prekursor serbuk dan 201.760,80 gram ganja. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menguji kandungan zat pada barang bukti kasus narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menguji kandungan zat pada barang bukti kasus narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan barang bukti pembuatan narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan barang bukti pembuatan narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan barang bukti narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) menunjukkan barang bukti narkotika di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tersangka kasus narkotika yang terjerat oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ditunjukkan di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tersangka kasus narkotika yang terjerat oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ditunjukkan di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tersangka kasus narkotika yang terjerat oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ditunjukkan di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Tersangka kasus narkotika yang terjerat oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) ditunjukkan di Gedung BNN, Jakarta, Jumat (7/9). (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Janji Manis Giroud untuk Timnas Prancis

Posted: 06 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Olivier Giroud punya janji khusus pada timnas Prancis. Striker Chelsea itu ogah pensiun sebelum mengoleksi 100 caps bersama Tim Ayam Jantan.

Saat ini Giroud sudah mengoleksi 81 caps untuk timnas Prancis. Dari jumlah penampilan itu ia telah mencetak 31 gol.

Giroud juga berjasa membawa Prancis juara Piala Dunia 2018. Meski gagal mencetak gol, namun perannya sangat vital di lini depan.

"Bisa mengoleksi 100 caps adalah target yang rasional. Saya pikir sangat menyenangkan bila bisa mencapainya," kata Giroud seperti dilansir Evening Standard.

"Tetapi sebelum itu saya juga punya target lain. Saya ingin menjadi tiga besar top scorer Prancis sepanjang sejarah," ujarnya menambahkan.

 

 

Kejar Top Scorer

Penyerang Timnas Prancis,  Olivier Giroud membawa kopernya sebelum menaiki pesawat menuju Rusia di bandara Bron, Lyon, Minggu (10/6). Giroud ikut dalam rombongan yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 meski sedang kondisi cedera. (AFP/Yuri KADOBNOV)

Saat ini top scorer timnas Prancis dipegang oleh Thierry Henry dengan 51 gol. Sementara posisi kedua dan ketiga diisi oleh Michel Platini (41 gol) dan David Trezeguet (34 gol).

Giroud sendiri berada di posisi keempat dengan Zinedine Zidane. Itu sebabnya Giroud ingin mencetak gol lagi dalam waktu dekat.

"Jika saya bisa menembus tiga besar maka sangat membanggakan. Apalagi di belakang saya ada beberapa pemain muda yang tajam seperti Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe."

Pentingkan Trofi

Striker Prancis, Olivier Giroud, saat melakukan sesi latihan jelang laga UEFA Nations League di Munich, Jerman, Rabu (5/9/2018). Prancis akan berhadapan dengan Jerman. (AFP/Franck Fife)

Di sisi lain Giroud juga mengabaikan kritik karena ia gagal mencetak gol di Piala Dunia kemarin.

"Tentu ada sedikit kekecewaan. Tetapi saya pikir gelar lebih penting daripada pencapaoan individu," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Koperasi di RI Sudah Lebih Berkualitas

Posted: 06 Sep 2018 09:45 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta - Pendiri Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Nasari, Sahala Panggabean mengungkapkan kondisi koperasi di Indonesia saat ini. Menurutnya, koperasi di Indonesia tidak lagi didasarkan pada kuantitas melainkan kualitas.

Hal itu ditandai dengan banyaknya koperasi tidak aktif yang dibekukan atau dilikuidisasi di era kepemimpinan Jokowi-JK di bawah intruksi Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

"Yang kami garisbawahi pada era pemerintahan bapak Jokowi dan JK bersama Pak Menteri Puspayoga bahwa semula jumlah koperasi 212.570 unit langsung banyak dipangkas menjadi 152.714 unit. Ada jumlah 59.876 yang dibubarkan," kata Sahala dalam acara ulang tahun ke 20 Nasari di Gedung Smesco, ditulis Jumat (7/9/2018).

Dia mengungkapkan, sejak 2017 tercatat koperasi yang aktif sebanyak 80.088 unit. "Artinya aktif ini adalah konsekuen melaksanakan rapat anggota tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pengurus, anggota dan stakehokder," ujarnya.

Sementara sisanya yang tidak aktif sekitar 72.706 unit koperasi. Koperasi yang tidak aktif tersebut sudah dibubarkan.

"Saat ini juga terakhir tahu 2018 ada 149.821 masih ada lagi yang dibubarkan atau dilikuidasi sebanyak 3.531 unit.

"Jadi selama Pemerintahan Jokowi sudah dibekukan koperasi yang tidak aktif 63.387 koprasi. Artinya disini tidak lagi main-main untuk memajukanan koperasi. Bukan lagi kuantitas tapi kualitas bahwa koperasi penggerak ekonomi rakyat.

 

Kontribusi Koperasi

Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menghadiri perayaan ulang tahun KSP Nasari yang ke-20. Jumat (7/9/2018). (Yayu Agustini Rahayu/Liputan6.com)

Dia mengungkapkan kontribusi Koperasi pada Produk Domestik Bruto (PDB) juga cukup besar.

"Dari koperasi sekarang ini PDB dapat dinyatakan tahun 2014 1,71 persen, di 2015 naik jadi 4,41 persen. Tahun 2016 turun sedikit jadi 3,99 persen dan tahun 2017 4,48 persen. Direncanakan tahun 2017 bisa 6,5 persen." kata dia. 

Kondisi tersebut ditunjang oleh beberapa kelonggaran atau relaksasi relugasi dari pemerintah. Salah satunya adalah penurunan pajak koperasi dan beberapa kemudahan lainnya. "Pajak diturunkan menjadi 0,5 persen." kata dia.

Koperasi juga mempunyai indikator yang sama dengan perbankan, salah satunya adalah rasio Non Performing Loan (NPL) atau kredit bermasalah.

"Ada rasio-rasio yang sama dengan perbnakan bahwa rasio NPL atau kredit macet itu hanya di bawah 2 persen per bulan sedangkan kalau perbankan NPL 5 persen masih ambang dinyatakan sehat. Tetapi kami Nasari rata-rata di bawah 2 persen." tutup dia.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

BNPB: Jutaan Penduduk di 4.053 Desa Terdampak Kekeringan

Posted: 06 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kemarau menyebabkan pasokan air berkurang di sejumlah wilayah. Kekeringan pun melanda 4.053 desa yang tersebar di 888 kecamatan dari 111 kabupaten/kota di 11 provinsi.

"Kekeringan telah menyebabkan 4,87 juta jiwa terdampak. Masyarakat mengalami kekurangan air bersih, sehingga harus mencari air ke sumber-sumber air di tempat lain," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam pesan singkatnya, Jakarta, Jumat (7/9/2018).

Menurut dia, beberapa daerah yang mengalami kekeringan cukup luas adalah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, dan Lampung.

Sementara, pendataan kekeringan di wilayah Bali masih dilakukan. Namun, berdasarkan laporan BPBD, kekeringan tidak terlalu berdampak luas di Bali pada tahun ini.

"Di Provinsi Jawa Barat kekeringan terdapat di 22 kabupaten/kota yang meliputi 165 kecamatan, 761 desa, dan berdampak pada 1,13 juta penduduk mengalami kekerangan air bersih. Di Jawa Tengah, sebanyak 854 ribu jiwa penduduk terdampak kekeringan yang terdapat di 28 kabupaten/kota, 208 kecamatan dan 1.416 desa," tutur Sutopo.

Selain itu, di Nusa Tenggara Barat, sebanyak 1,23 juta jiwa penduduk terdampak kekeringan. Mereka tersebar di 9 kabupaten/kota, 74 kecamatan, dan 346 desa.

Wilayah NTB, kata dia, sudah mengalami kekeringan dan krisis air sebelum terjadi bencana gempa bumi. Namun, ada kalanya bencana gempa bumi tersebut menyebabkan dampak kekeringan meningkat.

"Jaringan pipa air bersih rusak, sehingga menyebabkan pasokan air bersih berkurang. Masyarakat yang berada di pengungsian jauh dari sumber air yang sebelum terjadi gempa dipenuhi kebutuhan airnya dari PDAM, air sumur, jaringan distribusi air bersih dan lainnya. Saat ini di pengungsian mengandalkan pada bantuan distribusi air dari mobil tangki air, bak penampungan air dan sumur bor yang dibangun pemerintah, dan lainnya," kata Sutopo.

Daerah-daerah ini merupakan wilayah yang hampir setiap tahun dilanda kekeringan. Dia mengatakan, sesungguhnya Jawa dan Nusa Tenggara telah defisit air sejak 1995.

"Artinya ketersediaan air yang ada, baik air permukaan dan air tanah, sudah tidak mampu mencukupi kebutuhan penduduk. Apalagi jumlah penduduk terus meningkat, sementara ketersediaan air relatif tetap," ucap Sutopo.

 

 

Hasil Studi

Musim kemarau menyebabkan kekeringan di sejumlah wilayah di Tanah Air. (dok BNPB)

Studi neraca air yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum pada 1995 menunjukkan surplus air hanya terjadi pada musim hujan di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Sedangkan pada musim kemarau, daerah tersebut dilanda kekurangan selama 7 bulan.

Hasil penelitian lain mengenai neraca air yang dilakukan pada 2003, juga menunjukkan hasil yang sama. Dari total kebutuhan air di Pulau Jawa dan Bali sebesar 83,4 miliar meter kubik pada musim kemarau, hanya dapat dipenuhi sekitar 25,3 miliar kubik atau hanya sekitar 66 persen.

Begitu juga studi yang dilakukan Bappenas pada 2007 juga menunjukkan hasil bahwa ketersediaan air yang ada sudah tidak mencukupi seluruh kebutuhan pada musim kemarau di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara. "Sekitar 77 persen kabupaten/kota telah memiliki satu hingga delapan bulan defisit air dalam setahun. Jadi tidak aneh jika selama musim kemarau terjadi kekeringan, khusus di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara," Sutopo menjelaskan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: