Sabtu, 08 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


FOTO: Ketika Anak-Anak Korban Gempa Lombok Menikmati Es Krim

Posted: 08 Sep 2018 09:50 PM PDT

Karyawan bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli di Dusun Trengan Timur, Sabtu (8/9). Diamond Group melakukan kegiatan sosial sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan untuk korban gempa Lombok (Liputan6.com/HO/Eko)

Karyawan bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli di Dusun Trengan Timur, Sabtu (8/9). Diamond Group melakukan kegiatan sosial sebagai wujud tanggung jawab sosial perusahaan untuk korban gempa Lombok (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group serta karyawan berswafoto bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli  di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group serta karyawan berswafoto bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group beserta karyawan membagikan es krim kepada anak-anak pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli  di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group beserta karyawan membagikan es krim kepada anak-anak pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group serta karyawan bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli  di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group serta karyawan bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Diamond Group beserta karyawan melakukan serangkaian kegiatan sosial untuk korban gempa Lombok di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang, Sabtu (8/9). Mereka memberikan bantuan berupa 150 ribu produk  makanan dan minuman siap saji (Liputan6.com/HO/Eko)

Diamond Group beserta karyawan melakukan serangkaian kegiatan sosial untuk korban gempa Lombok di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang, Sabtu (8/9). Mereka memberikan bantuan berupa 150 ribu produk makanan dan minuman siap saji (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group serta karyawan bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli  di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

Jajaran direksi Diamond Group serta karyawan bersama para pengungsi gempa Lombok saat kegiatan CSR Diamond Group Peduli di Dusun Trengan Timur, Kecamatan Pamenang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/9). (Liputan6.com/HO/Eko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serena Williams Langgar Aturan, Petenis Jepang Juara AS Terbuka

Posted: 08 Sep 2018 09:49 PM PDT

Liputan6.com, Washington - Petenis Jepang, Naomi Osaka membuat sejarah. Dia menjadi petenis Jepang pertama yang menjuarai Grand Slam.

Pada Minggu (9/9/2018), Osaka mengalahkan Serena Williams pada final Amerika Serikat (AS) Terbuka. Osaka menang 6-2 dan 6-4.

Di pertandingan ini, Serena mendapat peringatan karena melanggar aturan (code violation) setelah mendapat instruksi dari pelatihnya.

Wasit yang memimpin pertandingan, Carlos Ramos geram setelah melihat pelatih Serena, Patrick Mouratoglou memberikan sinyal-sinyal kepada juara Grand Slam sebanyak 33 kali itu.

"Saya jujur. Saya memberi instruksi. Saya pikir dia (Carlos Ramos) tidak melihatnya pada satu kesempatan," kata kata Mouratoglou, dikutip dari Sky Sports.

 

Cemoohan Penonton

Petenis Jepang, Naomi Osaka memeluk petenis AS, Serena Williams setelah memenangi partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi petenis Jepang pertama yang menjuarai turnamen Grand Slam. (MATTHEW STOCKMAN/GETTY IMAGES/AFP)

Sementara Carlos Ramos, yang dituding sebagai penyebab kekalahan Serena, mendapat cemoohan dari para penonton usai pertandingan. Kesedihan juga dirasakan Osaka yang memenangkan hadiah total sebesar 3,8 juta dolar Amerika Serikat.

"Saya tahu semua orang mengejek dia dan saya menyesal ini harus berakhir seperti ini," kata Osaka.

"Saya hanya ingin berterima kasih kepada Anda yang menyaksikan pertandingan. Selalu menjadi mimpi saya untuk bermain melawan Serena di final AS Terbuka. Saya benar-benar bersyukur dapat bermain melawan Anda."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klopp: Media Jerman Sudah Gila

Posted: 08 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, mengaku kesal melihat media-media Jerman yang mengkritik Tim Panser secara berlebihan usai kegagalan di Piala Dunia 2018.

Jerman babak belur di Piala Dunia 2018. Tim Panser langsung tersingkir di babak penyisihan grup. Hal ini tentu mencoreng nama baik Jerman sebagai juara bertahan.

Ini merupakan kali pertama Jerman tak lolos fase grup sepanjang sejarah keikutsertaannya di Piala Dunia. Usai kegagalan itu, media Jerman habis-habisan mengkritik pasukan Joachim Loew.

"Kritik kepada Jerman tidak adil. Dan jika saya adalah fans tim nasional Jerman, saya tidak akan mengatakan apa pun. Tapi, media sudah kelewatan," kata Klopp seperti dilansir Soccerway.

Yakin Bangkit

(AP/Michael Probst)

Klopp merasa, reaksi media Jerman sudah melebihi batas.

"Tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia, cara media dan seluruh bangsa mengkritik benar-benar gila. Pelatih sampai harus menjelaskan sendiri, dia harus menjelaskan sepak bola ke seluruh negara."

"Orang-orang telah mencoba pendekatan ini selama 100 tahun dan itu tidak berhasil. Jadi tenang, biarkan mereka bermain sepak bola dan saya yakin, Jerman akan memenangkan pertandingan lagi," Klopp menambahkan.

Pemain Pensiun

Pasca kegagalan di Piala Dunia, beberapa pemain senior Jerman memutuskan pensiun. Mulai dari Mario Gomez hingga Mesut Ozil.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Kota di Dunia dengan Titik Wifi Gratis Terbanyak

Posted: 08 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ada tiga kebutuhan dasar dari milenial yakni pangan, sandang, dan internet. Internet telah menjadi bagian penting dari setiap milenial sejak awal 2000-an. Menurut laporan dari Time, properti (papan) tidak lagi menjadi kebutuhan utama milenial karena harganya yang tak masuk akal.

Maka tak heran apabila generasi milenial selalu mencari koneksi internet (akses WiFi gratis), termasuk ketika traveling. Dengan hadirnya media sosial pun membuat internet semakin diperlukan saat melancong ke negeri orang, baik untuk penggunaan kasual maupun profesional.

Nah, bagi kamu yang sangat memerlukan koneksi internet, tentunya harus memilih lokasi wisata yang memiliki banyak akses WiFi gratis. Mengutip keterangan dari Traveloka, Minggu (9/9/2018), berikut adalah lima kota di dunia dengan titik WiFi gratis terbanyak.

1. New York

New York adalah kota yang tidak pernah tidur, jadi wajar apabila koneksi WiFi di kota ini dapat diakses secara gratis oleh siapa pun. Kamu dapat menemukan akses WiFi gratis di berbagai taman-taman hijau yang tersebar di New York.

Keindahan kota New York dalam bidikan kamera smartphone terbaru Samsung, Galaxy Note 9. Liputan6.com/Aditya Eka Prawira

Mulai dari Central Park, Prospect Park, Flushing Meadows Corona Park, dan masih banyak taman-taman lainnya. Jadi, kamu dapat menikmati rindangnya pepohonan dengan angin sepoi-sepoi sambil update di media sosial.

2. Seoul

Seoul telah lama menyandang predikat kota tercanggih di dunia. Kota Seoul bahkan memiliki koneksi internet tercepat di dunia, sehingga wajar apabila banyak gamer online profesional yang berasal dari Korea Selatan.

Pemandangan kota seoul dari atas Gunung Namsan di Namsan Tower, Yongsan, Seoul, Jumat (12/1/2018). (Liputan6.com/Hotnida Novita Sary)

Kamu dapat menemukan berbagai akses WiFi gratis di berbagai tempat populer di Seoul seperti di airport, teman-taman umum, atau di seluruh kawasan Gangnam.

3. Osaka

Suasana Kota Osaka, Jepang (iStockphoto)

Osaka bisa dibilang adalah tempat wisata ideal bagi kamu yang tertarik dengan nilai-nilai tradisional, namun tetap membutuhkan modernisme. Osaka masih memiliki kuil-kuil, jalanan, pasar, dan istana kuno yang bisa membuat kamu kagum dengan betapa kaya budaya Jepang.

Namun Osaka tetap memiliki berbagai fasilitas-fasilitas modern yang bisa memanjakan kaum milenial. Terdapat berbagai hotel, restoran, dan kafe modern yang sangat instagramable.

Fasilitas modern lainnya adalah koneksi WiFi gratis yang bisa kamu gunakan kapan pun. Koneksinya pun cukup cepat, meskipun akan terputus setiap setengah jam.

4. Wellington

Meskipun New Zealand memiliki populasi domba melebihi populasi manusia, hal ini tidak membuat New Zealand tertinggal dari peradaban. Wellington yang merupakan ibu kota sekaligus kota pesisir ini adalah salah satu kota terbaik yang bisa ditinggali dunia.

Berikut empat cara menikmati minggu terakhir Ramadan di New Zealand. (Foto: Dok. Tourism New Zealand)

Hal ini pula yang membuat Wellington sebagai titik kebudayaan modern dari New Zealand. Tidak tanggung tanggung, akses Wellington gratis yang disediakan pun memiliki kecepatan yang mencengangkan. Apabila biasanya akses Wellington gratis sangatlah lambat, tidak dengan Wellington.

5.Perth

Ternyata, Kota Perth yang unik dan penuh dengan kejutan bisa dinikmati dalam satu malam saja. Bagaimana caranya? (foto : Tourism Western Australia)

Perth adalah kota yang sedang berkembang dengan pesat. Derasnya arus pergerakan kebudayaan dari berbagai negara membuat Perth menjadi salah satu kota yang paling berwarna di Australia. Hal ini membuat Perth dihuni oleh warga Australia yang melek kebudayaan, diversitas, dan tentu saja teknologi.

Jadi wajar apabila kota ini juga dilengkapi dengan akses Wellington gratis di hampir seluruh tempat-tempat publik.

Dengan adanya akses Wellington gratis, kini kamu tidak perlu lagi pusing memikirkan tingginya biaya roaming. Kamu pun dapat leluasa memperbaharui akun media sosial, update post terbaru di blog traveling, atau bahkan menyelesaikan pekerjaan apabila kamu sedang dalam perjalanan bisnis.

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Courtois Doakan Chelsea Juara Liga Inggris

Posted: 08 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, London - Kiper Real Madrid, Thibaut Courtois, berharap mantan klubnya, Chelsea, menjadi juara Liga Inggris musim ini. Kiper asal Belgia itu juga mengklarifikasi ucapannya soal level latihan Madrid lebih tinggi dari The Blues.

Sebelumnya, Courtois memuji level latihan di Santiago Bernabeu sangat tinggi. Hal ini seolah-olah menyindir Chelsea.

"Aku tidak pernah bermaksud seperti itu. Aku hanya mengatakan bahwa mungkin dalam latihan di sini berjalan sedikit lebih cepat. Tetapi itu juga kualitas Madrid, itu tidak mengatakan bahwa Chelsea tidak memiliki kualitas. Aku selalu punya perasaan bahagia tentang Chelsea," kata Courtois seperti dilansir Soccerway.

Courtois juga merasa bahagia pindah ke Madrid karena bisa lebih dekat dengan keluarganya.

"Aku memiliki kesempatan untuk kembali ke Spanyol untuk lebih dekat dengan anak-anakku dan itu penting bagiku. Aku tahu banyak penggemar Chelsea akan memahami keputusanku dan aku berharap yang terbaik bagi mereka."

Awal Mulus

(dok. Premier League)

Chelsea sendiri punya awal yang mulus di Liga Inggris musim ini. The Blues menyapu bersih semua laga dengan kemenangan.

"Aku senang mereka memenangkan empat pertandingan pertama dan aku harap mereka terus maju dan memenangkan liga," Courtois menambahkan.

Lawan Cardiff

Pada laga berikutnya, Chelsea akan menghadapi Cardiff City di Stamford Bridge. Duel ini bakal berlangsung pada 15 September mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Chelsea Olivia Ungkap Alasan Belum Mau Tambah Anak

Posted: 08 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sejak menikah dan menjadi seorang ibu, Chelsea Olivia mulai membatasi pekerjaan di dunia entertainment. Ia bahkan memutuskan vakum dari dunia sinetron yang membesarkan namanya.

Istri Glenn Alinskie itu mengaku tengah menikmati kehidupan barunya sebagai seorang istri dan ibu muda..

"Memang dari dulu aku sudah bilang, kayaknya kalau sudah menikah, pekerjaan itu sudah bukan lagi nomor satu buat aku, tapi ya keluarga pastinya jadi nomor satu," kata Chelsea Olivia baru-baru ini di Jakarta.

"Dan aku yakin banyak ibu-ibu yang merasakan perasaan yang sama kayak aku," ucap dia.

Selanjutnya, Chelsea Olivia mengatakan perkembangan buah hatinya, Nastusha, terbilang cepat. Dia mengakui saat ini buah hatinya tengah berada di masa emas tumbuh kembang anak yang sangat membutuhkan pendampingan orangtua.

"Jadi ya kita sebagai orangtua harus selalu ada di sampingnya, untuk ajak dia main supaya perkembangannya juga optimal," ujarnya.

Tambah Momongan

Chelsea Olivia

Saat ini, Chelsea belum berniat untuk menambah momongan. Dia merasa bosan dengan seringnya pertanyaan kapan akan punya anak lagi.

"Saya sebenarnya rada bosan ditanya terus soal momongan. Nantilah belum sekarang," kata dia.

Fokus

Chelsea Olivia dan Nastusha

Tetapi, Chelsea menegaskan tidak bermaksud menunda punya momongan lagi. Jika Tuhan menghendakinya hamil kembali, Chelsea tidak akan menyia-nyiakannya.

"Aku enggak kepengin nanti fokusnya jadi terpecah. Itu kan sudah pasti kalau misalkan kita punya baby baru itu, pasti fokusnya langsung ke baby," ungkapnya. (Ahmad Baiquni/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Meninggal Kecelakaan Bus Sukabumi Tinggalkan Istri Hamil 7 Bulan

Posted: 08 Sep 2018 09:29 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Rumah berlantai dua di Kampung Sukamulya, Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, terus didatangi pelayat. Rumah tersebut adalah kediaman almarhum Tagrit Daulat (24), korban kecelakaan bus di Tanjakan Ciareuy, Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.

Suasana haru menyelimuti rumah yang berdiri di permukiman padat penduduk itu. Tagrit merupakan salah satu karyawan PT Putra Catur Jaya, dealer Honda cabang Kemang, Kabupaten Bogor ini. Dia meninggalkan seorang istri yang hamil tua.

Tak hanya itu, hari ini kandungan sang istri, Siti Sofiah Nuradila (19) tepat berusia 7 bulan. Bayi dalam kandungan istri almarhum merupakan anak pertamanya. Keduanya menikah pada Maret 2017.

Sejak mengandung, Tagrit selalu mencium perut dan meminta untuk menjaga kondisi kesehatan sang istri. Bahkan, almarhum sudah menyiapkan nama untuk sang buah hatinya. 

"Dia orangnya perhatian sekali. Setiap pulang atau berangkat kerja selalu mencium perut dan bilang untuk jaga anak kita baik-baik," kata Siti Sofiah, Minggu (9/9/2018).

Sofiah juga mengatakan, dia dan suami sangat bergembira menyambut anak yang akan dilahirkannya.

Namun rupanya takdir menghendaki lain, Tagrit tidak akan menyaksikan kelahiran sang anak karena kecelakaan bus yang merenggut nyawanya.

"Terakhir dia kirim pesan WA, bilang baik-baik di rumah, jaga kesehatan. Setelah itu HPnya mati," ucap Sofiah sambil menitikkan air mata.

Dimakamkan Minggu Pagi

Petugas PMI tengah menolong korban kecelakaan bus di Sukabumi. (Liputan6.com/Mulvi Muhammad)

Gita Sulendra, kakak ipar almarhum mengaku Tagrit sempat akan meminjam sandal untuk dipakai acara gathering bersama rekan-rekan perusahaannya di Citarik Cikidang, Sukabumi.

"Sebelum berangkat dia sempat bilang ke istri mau pinjam sandal gunung, tapi ga jadi," kata Gita.

Jenazah Tagrit sudah dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dreded pagi tadi. Hingga jelang siang, rumah duka almarhum masih dipadati sejumlah pelayat.

Para tetangga dan kerabat silih berganti berdatangan untuk menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bandara Silangit Resmi Ganti Nama Jadi Sisingamangaraja XII

Posted: 08 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bandar Udara (Bandara) Internasional Silangit di Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara (Sumut), resmi berganti nama menjadi Bandara Internasional Raja Sisingamangaraja XII. Perubahannama Bandara Silangit itu ditandai dengan terbitnya Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 1404 Tahun 2018.

Terbitnya keputusan itu diketahui dari surat Kepala Biro Hukum Kementerian Perhubungan kepada Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara. Pada surat bernomor 243/Srt/B.IV/IX/2018 itu dijelaskan bahwa keputusan menteri yang mengganti nama bandara itu dibuat pada 3 September 2018. Namun, tidak dijelaskan alasan yang melatarbelakangi pergantian nama itu.

Pada surat bertanggal 4 September 2018 itu, Kepala Biro Hukum Kemenhub Wahju Adji meminta agar aparat terkait untuk menindaklanjuti keputusan Menteri Perhubungan.

Bupati Taput Nikson Nababan membenarkan pergantian nama Bandara Silangit menjadi Bandara Raja Sisingamangaraja XII. Dia mengatakan, kebijakan itu telah disetujui Presiden Joko Widodo.

"Iya benar sudah diganti dan sudah diresmikan," kata Nikson.

Bandara Silangit digarap sejak zaman penjajahan Jepang. Pada 1995 landasan pacunya diperpanjang menjadi 1.400 meter. Di masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), landasan pacunya kembali diperpanjang menjadi 2.400 meter x 30 meter.

Reporter: Yan Muhardiansyah

Sumber: Merdeka.com

Bandara Silangit Siap Sambut Penerbangan Langsung Internasional

Bandara Silangit representatif, siap sambut direct flight internasional.

Bandara Internasional Silangit, Siborong-Borong, sudah sangat representatif baik dalam hal teknis maupun non teknis. Bandara ini pun telah siap menyambut direct flight internasional. 

Penerbangan langsung internasional pertama Bandara Silangit dilakukan maskapai Malindo Air pada Jumat (17/8/2018). Malindo ini menghubungkan Bandara Sultan Abdul Aziz Shah, Subang, Malaysia, dengan Bandara Silangit.

Selain rute tersebut, Silangit juga siap menyambut kehadiran AirAsia. Maskapai ini menghubungkan Silangit dengan Bandara Internasional Kuala Lumpur 2, Malaysia. Jadwal penerbangan ini akan dimulai 28 Oktober 2018.

"Secara menyeluruh, Bandara Silangit sudah siap mendukung direct flight untuk Malindo. Lalu, artinya juga siap menerima kehadiran AirAsia nanti. Kami tentu gembira karena bisa mendukung flight perdana Malindo secara lancar dan aman," ujar Executive General Manager Bandara Internasional Silangit, Eri Braliantoro, Jumat (17/8/2018).

Persiapan matang sudah dilakukan otoritas Bandara Silangit. Sehari jelang kedatangan Malindo Air, otoritas Bandara melakukan simulasi kedatangan dan keberangkatan wisatawan internasional. Berbagai piranti pendukung teknis maupun non-teknis diaktifkan. Hasilnya positif dan proses simulasi berjalan lancar.

"Kami mempersiapkan semuanya secara matang. Semua aspek dilihat. Pemeriksaan juga pengecekan dari sisi custom, immigration, dan quaratine semuanya clear. Dari sisi sistem, pengamanan, hingga X-Ray juga bagus. Sebab, kami memang didukung peralatan yang memadai," ucap Eri.

Guna meningkatkan efisiensi waktu, Bandara Silangit menerapkan fasilitas semi Baggage Handling System (BHS), khususnya untuk penerbangan internasional. Bandara Silangit juga memiliki fasilitas self check in atau check in mandiri. Digital banner juga sudah dipasang di banyak spot, sehingga wisatawan dapat melihat informasi dengan mudah.

Lebih lanjut, untuk menunjang mobilitas wisatawan, Bandara Silangit mejalankan konsep Flight Information Display System (FIDS). Sementara itu, guna enjamin akurasi, X-Ray baggage dan cabin telah terpasang di pintu kedatangan.

Eri menambahkan, pengecekan dari custom dan instansi terkait dilakukan secara berkala. Proses layanan gate internasional juga sesuai standard Level of Service milik Kementerian Perhubungan. Artinya, proses antre imigrasi hingga pengambilan bagasi bisa dilakukan lebih cepat.

"Bandara ini sudah siap melayani direct flight internasional secara reguler. Pengecekan sistem oleh Bea Cukai dan instansi lain sudah bagus. Penumpang datang hingga keluar ini bisa dilakukan lebih singkat. Semua masih sesuai regulasi standard dari Level of Service. Secara umum, pengembangan bandara ini sedang gencar. Akhir tahun ini semua pengembangan fisik akan selesai," kata Eri.

Bandara Silangit juga terus melakukan upgrade secara fisik. Kapasitas terminal akan terus dikatrol hingga 750 ribu penumpang per tahun. Saat ini, Bandara Silangit memiliki daya tampung 500 ribu wisatawan.

Namun, hingga akhir 2017 realisasi kunjungan baru 280 ribu wisatawan. Target 400 ribu sampai 450 ribu orang pun dibidik sepanjang 2018 ini.

"Bandara ini sudah sesuai fungsinya. Semua sistem sangat mendukung direct flight dari mancanegara. Sejak awal dibangun hingga menjadi bandara kelas menengah, perkembangannya sangat cepat sekali. Bukan hanya wisman, traffic untuk domestik juga sangat padat," ujar Direktur Utama Otorita Danau Toba (BPODT), Ari Prasetyo.

Pengembangan Bandara Silangit memang kompleks. Apron pesawat diperluas hingga bisa menampung parkir enam pesawat. Jumlah taxiway juga ditambah menjadi dua. Bandara ini memiliki runway 45 meter dan panjang 2.650 meter. Semua proyek ini ditarget selesai akhir tahun 2018.

Asisten Deputi Bidang Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata, Sumarni, menyambut gembira perkembangan Bandara Silangit.

"Pengembangan bandara secara menyeluruh memang terus dilakukan. Progres dari Bandara Silangit ini sangat cepat. Pengembangannya cukup kompleks, mulai dari apron, taxiway, hingga terminalnya. Cara sangat ideal, apalagi tren pergerakan wisman sebelumnya sudah tinggi. Sebelum direct flight Malindo, wisman transit di Kualanamu bahkan Jakarta," ucapnya.

Kesiapan sekaligus jalannya pengembangan Bandara Silangit membuat Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, merasa puas. Sebab, destinasi Danau Toba memiliki atraksi yang kuat.

"Kunjungan wisman ke Danau Toba akan terus naik. Danau Toba ini eksotis. Kami juga yakin jumlah maskapai yang membuka direct flight akan terus bertambah. Artinya, kesiapan bandara mutlak dibutuhkan," kata dia.

 

 

(*)

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inggris Vs Spanyol: Kane Sebut Ujian yang Bagus

Posted: 08 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Inggris tak mampu bicara banyak saat duel lawan Spanyol di UEFA Nations League, Sabtu (8/9/2018) atau Minggu dinihari WIB. Bermain di kandang sendiri, Stadion Wembley, London, mereka kalah 1-2.

Timnas Inggris unggul melalui gol Marcus Rashford pada menit 11, tapi Spanyol bisa membalikkan skor sebelum jeda lewat gol-gol Saul Niguez menit 13 dan Rodrigo Moreno menit 32.

Namun begitu, penyerang andalan Inggris, Harry Kane, menyebut ini pertandingan yang bagus. Sebab, kata Kane, yang mereka hadapi adalah tim dengan kualitas luar biasa.

"Tidak mudah, tapi kami menunjukkan momen-momen bagus di pertandingan, dan mungkin kami juga menciptakan peluang-peluang yang lebih baik," ujar penyerang Tottenham Hotspur itu.

Timnas Inggris kalah dan kehilangan Luke Shaw yang mengalami cedera cukup parah. Pada pertandingan berikutnya di League A Grup 4, Spanyol akan menjamu Kroasia. Setelah itu, sang runner-up Piala Dunia 2018 akan ganti meladeni Inggris di Rijeka pada 12 Oktober mendatang.

Babak pertama di Wembley berlangsung menarik. Tiga gol tercipta di 45 menit awal.

Gol pertama dalam laga ini melibatkan tiga pemain Manchester United. Shaw yang merancang assist, Rashford yang mengkonversinya jadi gol, dan David De Gea yang jadi korban karena gawangnya kebobolan.

 

Tak Bertahan Lama

Luke Shaw berperan besar dalam gol Inggris ke gawang Spanyol. (dok. England)

Namun keunggulan Inggris itu tak bertahan lama. Hanya dua menit berselang, skor kembali imbang setelah Saul menyelesaikan umpan tarik Rodrigo dengan tembakan setengah voli dari jarak dekat. Di menit 32, Rodrigo berganti peran jadi pencetak gol. Meneruskan tendangan bebas Thiago Alcantara, penyerang Valencia itu membawa membawa La Furia Roja berbalik memimpin.

Inggris mencoba bermain lebih baik di babak kedua. Namun hanya tiga menit setelah jeda, Inggris mendapatkan pukulan telak. Dalam sebuah perebutan bola dengan Dani Carvajal, Shaw mengalami cedera kepala cukup serius. Bek kiri Inggris dan klub Manchester United sampai harus ditandu keluar lapangan dan digantikan Danny Rose.

Spanyol kemudian mencoba memperlebar keunggulan dan mendapatkan peluang emas lewat tembakan Thiago dari crossing Marcos Alonso. Namun bola melesat di atas gawang Jordan Pickford.

Saat injury time, Inggris mencetak gol lewat pemain pengganti Danny Welbeck. Hanya sayang, gol itu dianulir karena wasit menilainya terlebih dahulu melanggar De Gea.

Sampai peluit panjang, tak ada gol lagi. Spanyol pun mengawali era baru bersama Luis Enrique dengan kemenangan di Wembley.

Susunan Pemain

Inggris (3-1-4-2): Jordan Pickford; Joe Gomez, John Stones (kuning 66), Harry Maguire; Jordan Henderson (kuning 18) (Eric Dier 64); Kieran Trippier, Jesse Lingard, Dele Alli, Luke Shaw (kuning 41) (Danny Rose 53 - kuning 90+4); Marcus Rashford (Welbeck 90+4), Harry Kane. Pelatih: Gareth Southgate.

Spanyol (4-3-3): David de Gea; Daniel Carvajal (kuning 83), Nacho, Sergio Ramos, Marcos Alonso (Inigo Martinez 87); Thiago Alcantara (Sergi Roberto (80), Sergio Busquets, Saul Niguez; Rodrigo Moreno, Isco, Iago Aspas (Marco Asensio 68). Pelatih: Luis Enrique.

Sumber: www.bola.net

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Juarai AS Terbuka, Naomi Osaka Cetak Sejarah

Posted: 08 Sep 2018 09:17 PM PDT

Petenis Jepang, Naomi Osaka bereaksi setelah mengalahkan Serena Williams pada partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka mencatatkan sejarah dengan menjadi orang Jepang pertama yang memenangi gelar grand slam. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka bereaksi setelah mengalahkan Serena Williams pada partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka mencatatkan sejarah dengan menjadi orang Jepang pertama yang memenangi gelar grand slam. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka merayakan kemenangannya atas petenis AS, Serena Williams pada partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi kampiun AS Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams, 6-2, 6-4. (CHRIS TROTMAN/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka merayakan kemenangannya atas petenis AS, Serena Williams pada partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi kampiun AS Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams, 6-2, 6-4. (CHRIS TROTMAN/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka memeluk petenis AS, Serena Williams setelah memenangi partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi petenis Jepang pertama yang menjuarai turnamen Grand Slam. (MATTHEW STOCKMAN/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka memeluk petenis AS, Serena Williams setelah memenangi partai final AS Terbuka di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi petenis Jepang pertama yang menjuarai turnamen Grand Slam. (MATTHEW STOCKMAN/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka mengangkat trofi turnamen AS Terbuka setelah mengalahkan petenis AS, Serena Williams pada partai final di Arthur Ashe Stadium, New York, Sabtu (8/9). Naomi Osaka menang dua set dengan skor 6-2 dan 6-4. (ELSA/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka mengangkat trofi turnamen AS Terbuka setelah mengalahkan petenis AS, Serena Williams pada partai final di Arthur Ashe Stadium, New York, Sabtu (8/9). Naomi Osaka menang dua set dengan skor 6-2 dan 6-4. (ELSA/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis AS, Serena Williams melihat petenis Jepang, Naomi Osaka saat memegang trofi turnamen AS Terbuka seusai memenangi partai final di Arthur Ashe Stadium, New York, Sabtu (8/9). Naomi Osaka menang dua set dengan skor 6-2 dan 6-4. (AP/Julio Cortez)

Petenis AS, Serena Williams melihat petenis Jepang, Naomi Osaka saat memegang trofi turnamen AS Terbuka seusai memenangi partai final di Arthur Ashe Stadium, New York, Sabtu (8/9). Naomi Osaka menang dua set dengan skor 6-2 dan 6-4. (AP/Julio Cortez)

Petenis Jepang, Naomi Osaka mencium trofi turnamen AS Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams pada partai final di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi kampiun AS Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams, 6-2, 6-4. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

Petenis Jepang, Naomi Osaka mencium trofi turnamen AS Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams pada partai final di New York, Sabtu (8/9). Osaka menjadi kampiun AS Terbuka setelah mengalahkan Serena Williams, 6-2, 6-4. (JULIAN FINNEY/GETTY IMAGES/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bersama Emery, Arsenal Seperti Klub Baru

Posted: 08 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, London - Bek Arsenal, Hector Bellerin, merasa timnya seperti klub baru pasca kedatangan Manajer Unai Emery. Bellerin juga menilai sang manajer mulai menemukan formula yang tepat untuk The Gunners.

Bersama Emery, Arsenal tumbang pada dua laga awal Liga Inggris melawan Manchester City dan Chelsea. The Gunners kemudian bangkit dengan mengalahkan West Ham United dan Cardiff City.

Bellerin merasa, timnya banyak mengalami perubahan di tangan Emery. "Arsenal rasanya seperti klub baru. Kami memiliki banyak staf baru," kata Bellerin kepada Times.

"Sangat disayangkan bagi pemain yang telah pergi, dan aku berterima kasih kepada mereka semua. Beberapa telah berada di klub selama bertahun-tahun. Tapi Anda bisa mengerti mengapa pemain baru ingin menempatkan cap mereka sendiri di klub."

Gantikan Wenger

Manajer Arsenal asal Spanyol, Unai Emery. (AFP/Glyn Kirk)

Emery baru merapat ke Arsenal pada awal musim ini. Ia menggantikan tugas manajer legendaris, Arsene Wenger.

"Aku terkesan dengan Emery. Kami kalah dalam dua laga pertama, tapi kami tetapi kami sangat dekat dengan kemenangan. Setelah pertandingan, para pemain bisa merasakan bahwa semuanya mulai menyatu," Bellerin menambahkan.

Lawan Newcastle

Pada laga berikutnya, Arsenal akan menghadapi Newcastle United. Duel ini akan berlangsung pada 15 September mendatang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Balapan F1 akan Merindukan Sosok Kimi Raikkonen

Posted: 08 Sep 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pembalap F1 asal tim Mercedes-Benz Lewis Hamilton, menyatakan balapan Formula 1 akan kehilangan sosok pembalap hebat, yaitu Kimi Raikkonen.

Hal ini karena Raikkonen dikabarkan akan pensiun dari balapan Jet Darat bersama tim Ferrari, dan posisinya digantikan pembalap muda Charles Leclerc pada 2019 mendatang. Demikian dilansir Crash.net, Sabtu (8/9/2018).

Hamilton sendiri mengatakan, meski sangat sulit diungkapkan, namun dirinya akan sangat merindukan mantan juara dunia F1 2007 itu di lintasan.

"Bukan rahasia lagi, bahwa sebelum saya masuk ke Formula 1, ketika saya bermain PlayStation saya selalu menggunakan karakter Kimi di McLaren, membayangkan itu adalah saya," kenang Hamilton.

"Lalu saya ingat mobil  F1 pertama yang saya kendarai di McLaren, masih menggunakan setelan Kimi, dan begitu juga suspensi yang akan dia gunakan," sambungnya.

"Itu adalah pengalaman yang luar biasa dan saya pikir itu keren, karena saya piki gaya mengemudi kami mirip, yang berarti bahwa saya akhirnya merasa cukup nyaman dengan set-up yang dia gunakan saat itu," kata Kimi.

Kata Hamilton, Raikkonen memiliki karir yang luar biasa. Dan baginya, suatu kehormatan nyata bisa balapan melawan seorang pembalap hebat hebat asal Finlandia.

 

Pengganti Kimi Raikkonen

Charles Leclerc pembalap F1 tim Suber. (Twitter Formula 1)

Seperti disebutkan sebelumnya, Kimi Raikkonen disebutakan bakal pensiun dari tim Ferrari. Kursi kosong itu akan ditempati rookie, Charles Leclerc, yang berasal tim Sauber.

Leclerc mugkin saat ini belum setenar pembalap ternamaan di kelas F1. Akan tetapi, sebelum terjun di balapan F1 musim 2018, Leclerc yang merupakan pembalap asal Monte Carlo, Monako, bukanlah anak baru kemarin sore di dunia balap.

Sebaliknya, pria kelahiran 16 Oktober 1997 itu merupakan jawara Seri GP3 musim 2016 dan juga Formula 2 di musim 2017.

Karena prestasinya, dia terpilih untuk naik kelas ke ajang  F1 bersama tim Sauber.

Sebelum terjun ke Seri GP3 dan Formula 2, Leclerc juga sempat mencicipi panasnya laga  Europen Formula 3 di 2015, serta Formula Renault 2.0 Apls dan Eurocup Formula Renault 2.0 pada 2014.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kemenpar Selenggarakan FGD Matchmaking Co-Branding dengan Komunitas GenPI

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) selalu mengimplementasikan konsep Solid, Speed, Smart (3S) di seluruh jaringannya. Salah satunya, melalui penguatan inovasi Kemenpar dengan komunitas netizen di pariwisata Indonesia.

Hal tersebut terlihat di acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema Matchmaking Co-Branding dengan Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPi) yang digelar di Hotel Simply Valore Hotel, Cimahi, Bandung, Sabtu (3/9/2018).

"Ini inovasi yang luar biasa yang telah terjadi di Kemenpar. Bagaimana semua bisa bersinergi dan saling menguntungkan. Kami ingin inovasi yang sinergi ini semakin kuat, semakin menjadi, semakin cocok dengan GenPI di kerja sama selanjutnya. Co-Branding harus semakin mesra dengan GenPI dan mampu memberikan manfaat untuk pariwisata Indonesia," ujar Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kemenpar, Hariyanto.

Acara yang diinisiasi oleh Asdep Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar tersebut mendatangkan para narasumber yang ahli di bidangnya. Ada Eko Nuryono dari GenPI Nasional (Genpinas), Koordinator Destinasi Digital GenPI Ghera Nugraha, Juragan Pasar Karetan Mei Kristianti dan Shafiq Lontoh, serta Public Relation Ogilvy Budi Riyanto Binol. Selain para narasumber, perwakilan Co-Branding dari Hydro Coco, Brand Manager Hydro Coco David Adisaputra Haryanto, juga ikut hadir.

"Kami undang para ahli dan juragan pasar destinasi digital GenPi karena Matchmaking Co-Branding akan dieksekusi di destinasi digital. Pasar Destinasi Digital yang sangat menarik ini menjadi tempat berkumpulnya para netizen secara offline. Di sinilah sinergi Co-Branding harus berjalan sukses dan kita harus bisa menjadikan brand dan pasar destinasi digital makin mesra, saling menguntungkan dan berkelanjutan. Tentunya bisa terjadi impact ekonomi," ucap Hariyanto.

Ia menambahkan, nantinya strategi Matchmaking tersebut akan didalami dan dikembangkan lebih lanjut oleh Asdep Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kemenpar dalam kesempatan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan.

"Karena program ini merupakan bagian penting dari rancangan proyek perubahan di Kemenpar. Semoga ini berjalan baik dan sukses untuk pariwisata Indonesia," kata Hariyanto.

Sekadar informasi, GenPI saat ini sudah ada di 25 Provinsi. Total pasar destinasi digital saat ini sudah sampai 22 pasar. GenPI juga sukses membuat trending topic di berbagai momentum pariwisata. Dalam satu hari bisa memunculkan empat hingga lima kali trending topic.

Menurut Eko Nuryono, GenPI juga sukses membuat berbagai impresi yang mendunia. Contohnya, pembukaan Asian Games 2018 di Jakarta.

"GenPI itu bukan komunitas biasa. GenPI masuk dalam unsur pentathelix pariwisata Indonesia, yakni unsur ABCGM: Akademisi, Business, Community dan Government. Kami bermain di social media dan kami akan terus all out dengan semua event yang (memberikan) impact bagi pariwisatanya besar. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Co-Branding yang ingin dan terus bekerja sama dengan kami semoga semakin tune in dan sinergi," ujarnya.

Pembina GenPI, Don Kardono, juga memiliki pendapat serupa. Ia mengatakan, antara Co-Branding dan GenPI merupakan dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan.

"Sekarang eranya sudah social media. Bahkan, efektifitasnya empat kali lipat lebih efektif. Seperti yang selalu bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya utarakan bahwa GenPI harus punya creative values maupun commercial values. Maka dari itu, kerja sama dengan Co-Branding adalah hal yang sangat tepat dan cerdas," ucap Don.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, menyambut semua unsur GenPI dan semua programnya. Menurutnya, dunia kini sudah mulai berubah dan dunia kita sudah dalam genggaman.

"More digital more global, more digital more personal, more digital more professional. GenPI sudah memberikan contoh yang baik dalam bersosial media, mari kita bergandeng tangan dan guncang dunia untuk membangun pariwisata Indonesia melalui social media," kata Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usai Jeda Asian Games, Pemain Persib Dapat 'Bonus'

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjaga kebugaran pemain, pelatih Persib, Mario Gomez, memberikan libur sehari, Minggu (9/9/2018). Ini dilakukan jelang laga kontra Arema FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kamis 13 September 2018 mendatang.

Gomez sepertinya ingin memberikan bonus berupa libur latihan. Dan, bagi para pemain Persib, ini merupakan libur pertama sejak memulai latihan perdana usai jeda Asian Games 2018, 27 Agustus lalu.

"Kami perlu memberikan mereka istirahat. Mereka sudah berlatih sangat keras selama ini. Saya berikan pemain waktu di weekend ini bersama keluarga agar pikiran mereka kembali fresh. Senin (10 September) tim akan kembali berlatih di Arcamanik," ujar pelatih berusia 61 tahun tersebut.

Gomez mengaku senang lantaran seluruh pemain Persib dalam kondisi fit dan siap tempur menghadapi Singo Edan. Ia pun puas dengan performa Ardi Idrus dan kawan-kawan dalam laga uji tanding serta sesi game internal.

"Saya melihat pemain terus menunjukkan peningkatan performa dalam setiap program yang kami berikan. Tentu ini hal yang positif mengingat akan ada beberapa pertandingan penting setelah melawan Arema," kata Gomez, seperti dilansir situs resmi klub.

Duel Panas

Pemain Persija dan Persib bersitegang saat laga lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Lapangan PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6). Persija unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sebelumnya, Mario Gomez sempat memprediksi duel antara Persib dan Arema dipastikan akan berjalan panas terlebih. Sebab, saat ini, kata Gomez, keduanya berstatus sebagai tim besar di Indonesia.

Dia pun mengimbau kepada bobotoh, sebutan pendukung Persib untuk bisa memberikan dukungan positif. Baik sebelum, saat, dan sesudah pertandingan .

Incar Kemenangan

Gomez menegaskan anak asuhnya mengincar kemenangan demi menjaga posisi di puncak klasemen. Dia mengatakan para pemainnya akan tampil habis-habisan demi target tersebut.

"Kita coba untuk memenangkan pertandingan bersama," katanya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rutin Yoga Bikin Ibu Lebih Tenang Jalani Kehamilan

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kehamilan merupakan fase luar biasa bagi wanita. Sederet perubahan fisik terjadi yang kemudian memicu keluhan nyeri di beberapa tubuh. Belum lagi bila jelang persalinan, rasa cemas pasti melanda calon ibu.

Nah, salah satu solusi untuk mengatasi keluhan fisik dan psikologis saat hamil adalah dengan rutin melakukan yoga.

Gerakan-gerakan yoga bisa meredakan dan mencegah sakit punggung, pinggang, panggul, bokong dan paha saat hamil maupun melahirkan. Tak hanya itu, ibu pun akan belajar pernapasan yang sangat penting dalam proses persalinan.

"Setelah mengikuti yoga dan kelas child birth education, biasanya calon ibu lebih nyaman dan rileks saat persalinan. Persiapan mental pun penting, tidak hanya fisik. Mereka jadi lebih yakin, tenang dan kuat," ujar Tia Pratignyo, pendiri Nujuhbulan Studio di Jakarta.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

Libatkan suami

Ilustrasi ibu hamil (iStock)

Menurut Tia, demi mengatasi masalah psikis suami berperan besar selama masa kehamilan. Apalagi, saat persalinan.

"Kehadiran suami membuat istri merasa aman dan bebas berekspresi. Tambahan afirmasi seperti 'Kamu bisa, ayo napas, sedikit lagi akan bertemu bayi kita' atau dengan sentuhan juga bisa bikin ibu tenang," tutur Tia.

Setelah melahirkan pun, tetap lakukan yoga secara teratur. Hal ini penting untuk mengurangi risiko baby blues atau depresi pasca persalinan.

"Setelah hamil bisa melakukan mom and baby yoga atau ibunya saja. Sebaiknya, menunggu 2-3 bulan setelah proses caesar. Kalau normal, tunggu darah nifasnya berhenti, sekitar 40 hari atau senyamannya saja," ungkap Tia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ancaman Wajib Militer Tak Ganggu Korea Selatan di Asian Games 2018

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Jakarta - Pelatih Timnas Korea Selatan U-23, Kim Hak-bum mengungkapkan fakta soal kondisi timnya selama mengikuti Asian Games 2018. Seperti diketahui, Timnas Korea Selatan dibayangi oleh ancaman wajib militer saat bertanding di Asian Games.

Ssalah satu yang disorot yaitu bintang Tottenham Hotspur, Son Heung Min. Son bahkan rela tak main untuk Spurs di beberapa laga Liga Inggris demi bisa merebut emas. Soalnya, ini jadi syarat bisa terbebas dari wajib militer.

Uniknya, Kim mengatakan tak pernah membahas apapun soal wajib militer saat berlangsungnya Asian Games 2018. Kim Hak-bum mengatakan, Son Heung-min dkk memilih fokus pada persiapan dan pertandingan.

Timnas Korea Selatan U-23 memiliki beban besar di Asian Games 2018. Sebab, mereka wajib meraih medali emas agar bisa menghindari wajib militer.

Seperti diketahui, pemerintah Korsel mewajibkan pria yang berusia 18-35 tahun harus mengikuti wajib militer selama 18 bulan. Pengecualian terjadi bagi mereka yang mampu meraih prestasi membanggakan di ajang olahraga seperti Asian Games atau Olimpiade.

 

 

Komentar Pelatih

Kapten Timnas Korea Selatan U-23, Son Heung-min, seusai laga final sepak bola Asian Games 2018 kontra Jepang di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (1/9/2018). (Bola.com/Dok. INASGOC)

Para pemain Timnas Korea Selatan U-23 terbebas dari wajib militer. Tim berjuluk Taegeuk Warriors mengalahkan Jepang dengan skor 2-1 pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

"Saya tidak pernah membahas hal itu. Saya rasa masalah soal itu tak pernah datang ke kami sebelum pertandingan. Kami hanya fokus untuk memenangi pertandingan," kata Kim Hak-bum, seperti dikutip Yonhap, Sabtu (8/9/2018).

Menurut Kim Hak-bum, pemainnya juga memilih tidak memedulikan berita-berita negatif mereka selama di Asian Games 2018. Mereka melakukan itu agar fokus meraih keberhasilan.

"Saya mengatakan kepada para pemain yang ingin membawa komentar online agar mereka punya kepercayaan diri yang cukup dan bisa tetap tenang setelah melihatnya. Adapun saya, memilih untuk tidak membaca berita-berita itu dan itu membuat saya nyaman," ujar Kim Hak-bum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Modifikasi Motor yang Bikin Kita Ketawa Geli

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Motor menjadi alat transportasi yang sangat digemari di Indonesia. Kini banyak pengendara motor yang kerap memodifikasi motornya untuk menambah daya tarik tersendiri. Namun nyatanya tak selalu menarik, justru banyak dari modifikasi motor tersebut yang terlihat nyeleneh dan membuat orang ketawa geli melihatnya.

Artikel tentang 9 potret motor modifikasi nyeleneh menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com. Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni 8 meme kocak tentang kenaikan nilai dolar. Sementara artikel tentang sosok polwan cantik yang akan dinikahi Ahok menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 9 Potret Motor Modifikasi Paling Nyeleneh, Dijamin Ketawa Geli

(Foto: Kementrian Humor Indonesia/Facebook)

Bagi sebagian besar orang Indonesia, motor menjadi salah satu transportasi yang paling digandrungi. Selain karena kegunaannya, motor juga bisa menambah daya tarik dan penampilan sang pemiliknya. Ituu sebabnya jika banyak orang, khususnya para pria sampai rela menghabiskan banyak uang untuk memodifikasi motor mereka.

Tapi bukannya makin keren, sejumlah motor modifikasi ini malah bikin kita tepuk jidat. Dirangkum dari akun Facebook Kementrian Humor Indonesia, begini potret kocaknya motor hasil modifikasi yang malah sukses bikin kita ketawa geli.

Selengkapnya...

2. 8 Meme Kocak Saat Dolar Naik, Lucu Sekaligus Bikin Enggak Panik

(Foto: brilio.net)

Publik di Tanah Air hingga kini masih diramaikan dengan perbincangan nilai tukar rupiah yang menembus angka sekitar Rp 15000 per dolar Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan data Bloomberg, rupiah tembus 14.816 per dolar AS pada Senin (3/9/2018) sore. Dolar AS perkasa terhadap rupiah sekitar 0,72 persen. Pada Senin sore, rupiah bergerak di kisaran 14.729-14.816 per dolar Amerika Serikat (AS). Pada awal perdagangan, rupiah melemah 35 poin ke posisi 14.745 per dolar AS pada Senin 3 September 2018 dari penutupan pekan lalu di kisaran 14.710. Jadi sejak awal tahun, rupiah sudah melemah 9,15 persen terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Selengkapnya...

3. VIDEO: Sosok Polwan Cantik yang Disebut Akan Dinikahi Ahok

(Foto brilio.net)

Bripda Puput Nastiti Devi adalah mantan ajudan Veronica Tan. Dia berusia 21 tahun. Menurut keterangan, Bripda PND berasal dari Nganjuk, Jawa Timur.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mesir Vonis Mati 75 Orang Pro-Mohammed Morsi yang Terlibat Demonstrasi Tahun 2013

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kairo - Mesir, sepanjang beberapa bulan terakhir, telah mengeluarkan putusan terhadap lebih dari 700 orang yang disebut terafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin dan terlibat dalam demonstrasi pro-Presiden Mohammed Morsi usai penggulingannya pada 2013 --menurut laporan sejumlah media asing yang mengutip sumber-sumber pengadilan setempat.

Seperti dikutip dari BBC (9/9/2018), dari 700 orang tersebut, 75 orang di antaranya menerima vonis hukuman mati, 47 orang diputus penjara seumur hidup, dan ratusan lainnya divonis penjara sekian tahun --sebuah sumber pengadilan mengonfirmasi kabar tersebut. Mereka yang tervonis termasuk para pemimpin Ikhwanul Muslimin di Mesir.

Mereka yang dijatuhi hukuman di pengadilan massal dituduh melakukan pelanggaran terkait keamanan termasuk hasutan terhadap kekerasan, pembunuhan dan pengorganisasian protes ilegal --dalam demonstrasi Mesir 2013.

Putusan vonis hukuman mati terhadap 75 orang tersebut telah dijatuhkan secara bertahap sejak bulan Juli 2018, hingga komplet pada Sabtu 8 September kemarin.

Salah satu orang yang diadili dalam perkara itu adalah pemimpin kerohanian Ikhwanul Muslimin, Mohamed Badie. Ia dijatuhi hukuman seumur hidup, kata sumber pengadilan.

Mereka yang dihukum mati dengan cara digantung termasuk para pemimpin Ikhwanul Muslimin: Essam al-Erian dan Mohamed Beltagi dan juru dakwah terkenal Safwat Higazi, menurut sumber-sumber.

Jurnalis foto pemenang penghargaan, Mahmoud Abu Zeid, yang lebih dikenal sebagai Shawkan, menerima hukuman lima tahun penjara. Ia ditahan saat mengambil gambar demonstrasi Mesir 2013. Dia diperkirakan bebas dalam waktu dekat karena sudah menghabiskan lima tahun di penjara sambil menunggu vonis.

 

Simak video pilihan berikut:

Dugaan Pelanggaran HAM

Ilustrasi Bendera Mesir (Freepik)

Kekerasan meletus pada protes 2013 di alun-alun Rabaa al-Adawiya di Kairo, mengakibatkan ratusan orang tewas oleh pasukan keamanan.

Sementara itu, ratusan orang ditangkap ketika tentara dan polisi Mesir membubarkan protes pro-Mohammed Morsi, yang terjadi sebulan setelah mantan presiden terpilih secara demokratis itu digulingkan oleh kepala militer dan presiden saat ini, Abdel Fatah al-Sisi.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengkritik persidangan massal beserta ratusan vonis yang diproduksinya.

Human Rights Watch menuding bahwa pengadilan tersebut tak imparsial dan tak berimbang, serta menyebut Kairo membiarkan aksi pasukan keamanan Mesir --yang dituduh melakukan pembunuhan terhadap setidaknya 817 orang dan terindikasi melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan-- tak tersentuh oleh hukum.

Awal tahun ini, parlemen Mesir diketahui memberikan kekebalan kepada petugas militer atas tindakan keras mematikan yang dilakukan antara Juli 2013 dan Januari 2016 tersebut.

Pemerintah menjustifikasi insiden itu dengan berdalih bahwa banyak pengunjuk rasa membawa senjata, dan bahwa delapan polisi tewas --meskipun awalnya mengatakan lebih dari 40 anggota dinas keamanan telah meninggal. Sejak itu Kairo mendeklarasikan Ikhwanul Muslimin sebagai "organisasi teroris".

Kelompok hak asasi manusia Amnesty International menyebut hal itu "sangat tidak adil" dan melanggar konstitusi Mesir.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suka Billy Syahputra, Dinar Candy Siap Gantikan Hilda Vitria

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gosip putusnya Billy Syahputra dan Hilda Vitria Khan turut menyebar di kalangan selebritas. Seperti kabar yang didengar Dinar Candy. Disc jockey (DJ) seksi itu mengaku sudah mendengar kabar putusnya Billy dan Hilda.

Menariknya, Dinar Candy mengakui bahwa Billy Syahputra merupakan pria idaman yang selama ini dia cari.

"Dia ganteng, terus body-nya tipe Dinar banget. Orangnya baik kayaknya," kata Dinar Candy di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Dinar Candy pun mengaku siap menggantikan posisi Hilda Vitria Khan jika memang benar putus dari Billy Syahputra. Apalagi saat ini Dinar juga tengah berstatus single.

"Oh siap banget gantiin Hilda. Lagian gue single. Kalau dia suka ya enggak apa-apa," ucap Dinar Candy. "Dinar tertarik karena tipenya kayak gendut-gendut gitu," tambahnya.

Menurut dia, pria dengan postur seperti Billy memiliki sifat yang baik, ketimbang lelaki yang berotot dan kelihatan macho.

Pengalaman Buruk

DJ Dinar Candy

Dinar mengaku memiliki pengalaman tidak menyenangkan saat berpacaran dengan pria yang memiliki tubuh berotot. "Kalau berotot enggak mau, kebanyakan simpanan tante-tante," tutur dia.

Tiga Kali

Dinar Candy. (Instagram/dinar_candy)

Tak hanya sekali, Dinar mengaku telah tiga kali menjalin hubungan dengan pria bertubuh atletis. Dan, ketiga-tiganya berakhir tragis.

"Karena beberapa kali Dinar sama yang berotot dan body bagus ketemu di mal gandengan sama tante dan buang muka pura-pura enggak kenal. Sudah tiga kali kejadian," tuturnya. (Nur Ulfa/Dream.co.id)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Diduga Sopir Lengah, Truk Tersangkut JPO

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diduga akibat pengemudi lengah truk pembawa muatan spare part alat berat tersangkut di jembatan penyeberangan orang (JPO) Daan Mogot Jakarta Barat.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hati-Hati, Gosip dapat Menghancurkan Hubungan Persahabatan

Posted: 08 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Siapa di antara Anda yang senang dengan gosip? Rasanya semua orang pernah melakukannya, sadar atau tidak, terutama kaum wanita.

Menariknya, sebuah penelitian menemukan bahwa secara historis, wanita berkompetisi satu sama lain untuk menarik pasangan romantis dan mengamankan sumber daya untuk membantu membesarkan anak-anak mereka dengan gosip. Kaum wanita tidak berurusan dengan perkelahian fisik, sehingga penanganan ancaman terkait pasangan romantis dilakukan dengan berbagi informasi tentang saingan atau gosip, seperti dilansir dari brides.com.

Wanita berkompetisi dengan wanita lainnya dengan gosip

Ilustrasi Foto Kebahagiaan (iStockphoto)

Para peserta penelitian diminta membayangkan sosok wanita dalam sebuah foto yang diperlihatkan sebagai penggoda kekasih mereka. Hasilnya sudah bisa ditebak, para peserta tersebut lebih cenderung menyebarkan informasi negatif daripada positif tentang wanita dalam foto yang diperlihatkan.

Penampilan menarik wanita lain juga termasuk ancaman

Ilustrasi nyinyir dan gosip (iStockphoto)

Para peneliti juga menemukan bahwa terlihat menarik secara fisik dan berpakaian secara seksual merupakan ancaman bagi wanita lain. Kesimpulan ini dapat membantu Anda memahami sifat persaingan kaum wanita dan menunjukkan bahwa stereotip wanita yang kuno sebagai sosok pasif dan tidak kompetitif cenderung dilebih-lebihkan. Apa Anda masih suka melakukan gosip?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Xiaomi Nyaris Menyalip Samsung di Indonesia Paling Hits

Posted: 08 Sep 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi memiliki pertumbuhan pangsa pasar 25 persen di pasar smartphone Indonesia dan nyaris menyalip Samsung. Data tersebut diungkap IDC (International Data Corporation) dalam laporan terbarunya.

IDC mengklaim, pencapaian ini disebabkan oleh besarnya pertumbuhan pengiriman smartphone dari Xiaomi. Berita ini menyedot perhatian para pembaca di kanal Tekno Liputan6.com.

Berita lain yang juga menyedot perhatian datang dari harga jual iPhone 2018 dinilai akan lebih tinggi daripada sejumlah prediksi selama ini.

Lebih lengkapnya, simak tiga berita terpopuler di kanal Tekno Liputan6.com berikut ini.

1. Xiaomi Kian Agresif Kejar Samsung di Pasar Smartphone Lokal

Dalam laporan terbaru IDC (International Data Corporation) soal pengapalan smartphone di Indonesia kuartal kedua 2018, Samsung masih menduduki peringkat pertama vendor dengan pangsa pasar tahunan (Year over Year, YoY) terbesar.

Sisi atas Xiaomi Mi A2 Lite (Liputan6.com/ Yuslianson)

Namun, ada fakta menarik yang mengungkap pengapalan smartphone yang didominasi oleh lima vendor paling teratas (Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, dan Advan) dengan total 85 persen pasar smartphone lokal.

Xiaomi, dalam hal ini, memiliki pertumbuhan pangsa pasar 25 persen dan nyaris menyalip Samsung, di mana pertumbuhannya 27 persen. Adapun vendor lain pangsa pasarnya di bawah 20 persen selama kuartal kedua 2018.

Baca selengkapnya di sini 

2. Harga iPhone 2018 Lebih Tinggi daripada Ekspektasi

Harga jual iPhone 2018 dinilai akan lebih tinggi daripada sejumlah prediksi selama ini. Prediksi tersebut disampaikan dalam laporan unit sekuritas Bank of America, Merill Lynch.

Ilustrasi iPhone XS. Dok: 9to5Mac

Dikutip dari Phone Arena, Jumat (7/9/2018), analis Merill Lynch, Wamsi Mohan, memperkirakan iPhone XS Max dengan layar berukuran 6,5 inci akan dijual lebih dari US$ 1.049 (setara dengan Rp 15,6 jutaan).

Adapun iPhone XS dibanderol US$ 999 (Rp 14,8 juta), sedangkan varian 6,1 inci dengan harga US$ 799 (Rp 11,9 juta).

Baca selengkapnya di sini 

 

3. Jokowi Ternyata Luangkan Waktu Baca DM di Akun Media Sosialnya

Bertolak ke Jatim, Jokowi akan Beri Kuliah Umum Hingga Temui Para Kiai (Foto: Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Joko Widodo alias Jokowi dikenal sebagai salah satu pemimpin dunia yang aktif menyapa masyarakat lewat media sosial (medsos)

Orang nomor satu di Indonesia ini dikenal memiliki beberapa akun medsos, mulai dari Instagram, Twitter, hingga Facebook.

Tidak hanya itu, ayah tiga anak ini juga kerap mengunggah vlog yang berisi kegiatannya sebagai presiden.

Baca selengkapnya di sini 

(Isk/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

65 Pebulutangkis Selangkah Lagi Dapat Beasiswa Bulutangkis

Posted: 08 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 65 pebulutangkis belia berhasil melampaui dua babak awal pada Final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 yang digelar di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (8/9). Sistem pertandingan full games alias poin 21 atau sampai dengan selesai, diterapkan pada babak awal yang dipantau oleh para pelatih Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum ini.

Pemantauan secara langsung terhadap para calon peraih beasiswa bulutangkis ini dipimpin langsung Manajer Tim PB Djarum Fung Permadi. Selain itu ada pula jajaran pelatih Ari Yuli Wahyu Hartanto, Hastomo Arbi, Lukman Hakim, Agung Susilo, Imam Tohari, Ellen Angelina, Engga Setiawan, Ferry, Roy Djojo Effendy, Sulaiman, Rusmanto Djoko Semaun, Juniar Setyo Trenggono, dan Bandar Sigit Pamungkas.

Final Audisi Umum yang dimulai pada Ju`mat, 7 September 2018, mempertemukan 219 pebulutangkis hasil Audisi Umum di delapan kota. Fung menyatakan, para pelatih tim PB Djarum sepakat untuk meloloskan ratusan peserta tersebut.

"Mereka mampu menunjukkan penampilan yang luar biasa. Ada satu kemajuan yang menurut kami cukup signifikan. Sebagai tim penilai, kami ingin memberikan apresiasi, sehingga saat pengumuman kita loloskan," jelasnya.

Ratusan finalis kembali bertanding pada Sabtu (8/9/2018). Di babak 1 final audisi umum, tim pelatih meloloskan 91 peserta di fase awal ini. Para pebulutangkis yang lolos, masih harus melalui babak II yang digelar pada hari yang sama.

Di babak ini, para finalis menuntaskan satu pertandingan sebelum dinilai oleh tim pelatih. Pada Sabtu (8/9) malam, tim pelatih PB Djarum baru meloloskan 65 peserta yang kemudian akan bertanding di Grand Final, Minggu (9/9/2018) pagi.

Level Dunia

Christian Hadinata (kiri) akan memimpin tim pencari bakat untuk mencari pebulu tangkis cilik bertalenta dalam Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018 di GOR Jati, Kudus, 4-6 September 2018. (foto: PB Djarum)

Fung menyatakan, di jelang pengujung Final Audisi Umum, para pelatih lebih selektif dalam memilih atlet-atlet yang akan dibinanya kelak. Para pelatih pun telah dibekali konsep pelatihan yang sesuai dengan standar PB Djarum, guna mencetak atlet-atlet muda ini ke level dunia.

"Dalam penentuan akhir Final Audisi Umum ini, para pelatih lebih teliti dalam menentukan pilihan lalu berani bertanggungjawab dalam pembinaan atlet-atlet tersebut," jelas pebulutangkis kelahiran Purwokerto ini.

Setelah Babak Grand Final, para peserta yang dinyatakan lolos oleh para pelatih PB Djarum, akan langsung menjalani Tahap Karantina. yang berlangsung pada 10 hingga 15 September 2018. Selama karantina, mereka akan menjalani sistem latihan serta pertandingan yang telah diterapkan oleh para pelatih PB Djarum.

"Penilaian tidak hanya dari kalah atau menang saja, namun juga mencakup kelebihan teknik yang dimiliki para atlet muda ini," demikian Fung.

Tuntutan Masyarakat

Sementara, Program Manager Bakti Olahraga Djarum Foundation Budi Darmawan menyatakan, aspek yang menjadi tantangan pengembangan olahraga bulutangkis Indonesia, adalah tingginya tuntutan masyarakat terhadap prestasi. "Kita mengerti betul bahwa dari hari ke hari, tahun ke tahun, ekosistem bulutangkis ini semakin berkembang. Sekarang tuntutan masyarakat lebih besar, terutama bagi kami di klub PB Djarum," katanya.

"Kami dari Djarum Foundation, yang salah satu programnya adalah pembibitan atlet-atlet muda, kami datang ke berbagai kota di Indonesia dengan Audisi Umum. Itu adalah upaya kami untuk kemajuan buluangkis Indonesia," Budi, menambahkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Pembangunan Infrastruktur di Jalan Perbatasan RI-Malaysia

Posted: 08 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR terus melanjutkan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan di Kalimantan, Papua, dan Nusa Tenggara Timur. 

Ketersediaan infrastruktur di perbatasan diperlukan untuk membuka daerah terisolir dan pemerataan hasil-hasil pembangunan sebagai wujud Nawa Cita Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla membangun Indonesia dari pinggiran dalam kerangka negara kesatuan.   

Di Kalimantan, pembangunan jalan paralel perbatasan ditargetkan tersambung pada akhir 2019. Selain itu akan dibangun tiga pos lintas batas negara (PLBN) yakni PLBN Jagoi Babang, di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat (Kalbar), PLBN Sei Pancang dan PLBN Long Midang atau Kraya di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara).

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XII Balikpapan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Refly Ruddy Tangkere menyampaikan jalan paralel perbatasan di Kalimantan sepanjang 1.920 km. Jalan yang berada di Kalimantan Utara (Kaltara) sepanjang 824 km dan Kalimantan Timur (Kaltim) sepanjang 244 km.  

"Dari panjang 1.068 kilometer jalan perbatasan di Provinsi Kaltim dan Kaltara, saat ini masih 185 km yang belum tembus, yakni 126 kilometer di Kaltara dan 59 kilometer di Kaltim. Ditargetkan bisa tersambung dan fungsional pada akhir 2019 dengan kondisi sebagian beraspal, sebagian perkerasan agregat, dan perkerasan tanah," kata Refly dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Minggu (9/9/2018).

Salah satu ruas jalan paralel perbatasan Kaltim yang saat ini dikerjakan adalah ruas Batas Kalbar- Tiong Ohang sepanjang 15 Km.

Pada ruas ini dilakukan pembukaan badan jalan yang dibantu oleh Zeni TNI AD. Saat ini kondisinya sudah tembus seluruhnya dengan kondisi masih berupa jalan tanah. 

 

Selanjutnya

Jembatan gantung yang menghubungkan kampung Tiong Ohang dan Long Krioq sepanjang 120 meter di dekat garis batas Indonesia-Malaysia di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur. (Foto: Liputan6.com/Maulandy R)

Di ruas tersebut, Kementerian PUPR tengah membangun duplikasi jembatan gantung dengan bentang 120 meter yang menghubungkan Kampung Tiong Ohang dan Long Krioq di Kecamatan Long Apari yang terpisahkan oleh Sungai Mahakam. 

Pembangunan jembatan gantung tersebut bertujuan untuk mengurangi beban jembatan gantung yang sudah ada tidak jauh dari lokasi pembangunan. Tantangan terbesar dalam pembangunan jembatan tersebut adalah distribusi bahan material yang harus didatangkan dari Jakarta .

Ruas jalan ini merupakan salah satu dari enam paket pekerjaan pembangunan jalan perbatasan di Kaltim dan Kaltara dengan panjang 132 km senilai Rp 330,72 miliar yang kontraknya ditandatangani Januari 2018.

Ruas lainnya adalah ruas Long Pahangai - Long Boh yang bekerja sama dengan Zeni TNI sepajang 20 km, Long Nawang - Long Pujungan (Buka Hutan) 1 sepanjang 30 km, Long Nawang - Long Pujungan (Buka Hutan) 2 sepanjang 30 km, Long Pujungan – Long Kemuat - Langap (Buka Hutan) 3 sepanjang 20 km dan Long Pujungan – Long Kemuat - Langap (Buka Hutan) 4 sepanjang 17 km.

Saat ditemui di kantornya, Wakil Bupati Mahakam Ulu Yohanes Juan Jenau mengatakan dibangunnya jalan paralel perbatasan akan mengurangi kemahalan barang dan jasa, serta membuka keterisolasian warga Mahakam Ulu yang selama ini mengandalkan perahu sebagai transportasi utama. 

"Untuk distribusi logistik kami sangat mengandalkan transportasi sungai. Saat kemarau, Sungai Mahakam surut, sementara saat musim hujan menyebabkan air sungai naik. Hal ini mengganggu distribusi logistik sehingga harga kebutuhan pokok melambung tinggi," kata Jenau. (Yas)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Berperan Jadi Ahok, Daniel Mananta Sempat Dimarahi

Posted: 08 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Daniel Mananta mendapat kesempatan emas untuk memerankan karakter Ahok dalam film A Man Called Ahok. Tak sampai di situ saja keberuntungan yang didapatkan mantan VJ MTV tersebut. 

Keinginannya untuk bertemu Ahok akhirnya terwujud di hari kedua syuting. Kala itu, dirinya masih mengenakan pakaian yang pernah dipakai mantan wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Waktu itu masih syuting, tiba-tiba ada kabar bisa ketemu Ahok di Mako Brimob. Gue bilang mau ganti baju dulu, enggak boleh karena buru-buru," kenang Daniel Mananta, ditemui usai peluncuran teaser film A Man Called Ahok, di Metropole XXI, Jakarta, baru-baru ini.

Kehadiran Daniel Mananta membuat Ahok terkejut. Lantaran, dia benar-benar seperti melihat dirinya sendiri.

 

Dimarahi

Teaser film A Man Called Ahok (Nurwahyunan/bintang.com)

Namun, Daniel Mananta mengaku sempat dimarahi Ahok. Bukan lantaran dirinya memakai pakaian yang pernah dikenakannya melainkan bentuk tubuhnya yang memakai busa. 

"Kamu pakai busa gitu biar kelihatan gemukan gitukan?  Ini ngejek ini, itu busanya kegedean, saya enggak segemuk itu hahahaha," ujar Daniel Mananta menirukan Ahok bercanda.

 

Pelajari Tingkah Laku Ahok

Teaser film A Man Called Ahok (Nurwahyunan/bintang.com)

Agar bisa totalitas berperan sebagai Ahok, banyak riset yang dilakukan Daniel Mananta. Bukan sekadar pidatonya yang dipelajari, bahkan gayanya kala bicara sombong. 

"Gue riset semuanya, caranya marah-marah, becandanya sampai waktu dia nyombong gitu ngomingin soal dia tahu banget cara makan duren tapi enggak mabok hahahaha," pungkas Daniel Mananta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ditanya Soal Timnas, Begini Jawaban Icardi

Posted: 08 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Saat Jorge Sampaoli menjadi pelatih, Mauro Icardi gagal masuk Timnas Argentina untuk Piala Dunia 2018. Namun, begitu Sampaoli mundur, Timnas Argentina memanggil Icardi untuk kembali memperkuat tim.

Kapten Inter Milan saat ini sedang bersama tim nasional Argentina di Amerika Serikat untuk pertandingan persahabatan melawan Guatemala dan Kolombia. Saat berada di AS, Icardi diminta tanggapan terkait pemanggilan kembali dirinya oleh tim nasional.

Penyerang 25 tahun mengatakan dirinya berada bersama tim nasional untuk membuktikan bahwa ia memang layak tampil. Dia juga menyinggung tentang pelatih sementara Lionel Scaloni yang memberinya kesempatan dan kepercayaan.

Ketika dimintai tanggapan terkait keputusan Sampaoli tidak membawanya ke Piala Dunia, Icardi menolak menjawab secara rinci. Dia beralasan semua adalah keputusan pelatih.

"Jangan tanyakan kepada saya mengapa saya tidak dipanggil untuk Piala Dunia. Pelatih (Sampaoli, red) memutuskan saya berada di luar skuat sampai semuanya berakhir," kata Icardi dikutip Sempreinter.com, Sabtu (8/9/2018)

Tersingkir

Lionel Messi tertunduk lesu setelah timnas Argentina menelan kekalahan 3-4 dari Prancis pada laga 16 besar Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Sabtu (30/6/2018). (AFP/Jewel Samad)

"Saya selalu siap untuk tim nasional. Kami harus berpikir tentang hari ini dan masa yang akan datang," lanjutnya.

Seperti kita ketahui, Icardi tak dipanggil Sampaoli saat Argentina tampil di Piala Dunia 2018 di Rusia. Pada kesempatan itu Argentina tampil mengecewakan dengan tersingkir dari babak 16 besar sehingga Sampaoli kemudian mundur.

Heran

Sebelumnya, tak dipanggilnya Veron sempat mengundang keprihatinan Juan Sebastian Veron. Mantan penggawa tim Tango itu mempertanyakan keputusan Sampaoli yang tak membawa Icardi ke Rusia.

Veron pun sangat heran dengan langkah berani Sampaoli meninggalkan Icardi. Menurut Veron, Icardi sangat layak dipakai Argentina di Piala Dunia 2018.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Lifestyle: 4 Tips Hubungan Cinta Tetaap Awet

Posted: 08 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjalankan hubungan cinta dengan pasangan memang bukan perkara mudah. Seringkali hubungan tersebut diawali dengan penuh sukacita, namun pada akhirnya berujung perselisihan. Banyaknya hubungan cinta yang gagal, membuat banyak orang penasaran akan bagaimana menjaga agar hubungan tersebut tetap awet. Penasaran? Simak selengkapnya dalam Top 3 Lifestyle, Minggu (9/9/2018) berikut ini.

1. Ingin Hubungan Cinta Anda dan Kekasih Awet? 4 Tips Ini Wajib Dicoba

Membangun hubungan cinta yang serius dengan lawan jenis memang bukan hal yang mudah. Banyak pasangan yang gagal dan akhirnya memilih berpisah hanya karena tidak bisa menyelesaikan perselisihan dengan baik. Baca di sini.

2. 6 Produk Kecantikan yang Wajib Dibawa di New York Fashion Week

Hari pertama New York Fashion Week, Tom Ford hadirkan konsep eksotis dan bold dengan aksen kulit buaya. (Foto: Tomford/Instagram)

Gelaran mode New York Fashion Week baru saja dimulai. Selama satu pekan, pekan kota New York akan sibuk dengan ragam aktivitas fashion yang menggandeng banyak talenta-talenta dunia fashion dan kecantikan. Baca di sini.

3. Ingin Tidur Lebih Berkualitas Jelang Hari Pernikahan? Ini Tipsnya

Ilustrasi tidur (iStockphoto)

Ya, bukan rahasia lagi jika mempersiapkan pernikahan mungkin akan mengubah banyak aspek dalam kehidupan Anda, termasuk kualitas tidur. Faktanya, urusan pernikahan akan lebih efektif ketika Anda bisa merawat diri sendiri dengan baik. Baca di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah dan Relawan Fokus Pulihkan Kegiatan Sekolah di NTB Pasca Gempa

Posted: 08 Sep 2018 08:23 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mendorong pemulihan sekolah usai berakhirnya status tanggap darurat bencana gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) agar anak-anak bisa belajar kembali seperti biasa.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Kemendikbud, Ari Santoso mengatakan, upaya menghadirkan kembali kegiatan belajar mengajar melalui kelas-kelas sementara dilakukan bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat.

"Saat ini, tercatat sekitar 20 lembaga nonpemerintah dengan ratusan relawan bergotong royong dengan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Fokusnya memulihkan kondisi sekolah dan kondisi warga belajar," kata Ari di Mataram, Minggu (9/9/2018) seperti dilansir dari Antara.

Ari mengatakan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, juga memimpin apel Gerakan Kembali Sekolah di alun-alun Bumi Gora, kantor Gubernur NTB, Kota Mataram, Minggu (9/9/2018).

Perwakilan lembaga/komunitas, guru, siswa, dan pemerintah daerah akan ikut dalam apel tersebut.

"Pak Menteri akan memberikan secara langsung dana bantuan atau tunjangan khusus bagi para guru terdampak gempa Lombok," ujarnya.

Ia menyebutkan tunjangan tersebut diberikan kepada 5.000 orang guru terdampak gempa di Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, dan Kota Mataram.

Pendataan Guru

Sebelumnya, Kemendikbud bersama dinas pendidikan kabupaten/kota di NTB, melakukan pendataan guru terdampak gempa, untuk selanjutnya akan diberikan tunjangan khusus.

"Jumlahnya sekitar Rp2 juta per bulan untuk non-PNS, dan Rp1,5 juta per bulan untuk PNS. Tunjangan khusus ini diberikan selama enam bulan," ucapnya.

Ari menambahkan, dalam masa tanggap darurat yang berakhir pada 25 Agustus, Kemendikbud telah mendirikan 112 tenda yang menjadi kelas-kelas sementara di berbagai wilayah Lombok.

Selain itu, tercatat sebanyak 5.000 paket baju seragam dan perlengkapan sekolah telah dibagikan melalui Posko Pendidikan.

Layanan psikososial dan psikoedukasi, serta trauma healing diberikan kepada warga belajar. Segera, Kemendikbud juga akan menggulirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) khusus siswa korban gempa Lombok.

Ia menyebutkan, total bantuan yang disiapkan Kemendikbud untuk pemulihan NTB pascabencana gempa sebesar Rp 258 miliar.

"Alokasi anggaran optimalisasi tersebut dijelaskan Dirjen Dikdasmen, Hamid Muhammad, dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi X DPR pada 29 Agustus," kata Ari.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Ma'ruf Amin Temui Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur

Posted: 08 Sep 2018 08:22 PM PDT

Suasana pertemuan bakal calon Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin dengan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur, Sabtu (8/9). Saat pertemuan Ma'ruf didampingi Dubes RI di Kuala Lumpur, Rusdi Kirana. (Liputan6.com/Pool/Tim KH Ma'ruf Amin)

Suasana pertemuan bakal calon Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin dengan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur, Sabtu (8/9). Saat pertemuan Ma'ruf didampingi Dubes RI di Kuala Lumpur, Rusdi Kirana. (Liputan6.com/Pool/Tim KH Ma'ruf Amin)

Bakal calon Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin, bertemu dengan PM Malaysia, Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur, Sabtu (8/9). Kunjungan dalam rangka silaturahmi disela-sela kegiatan Ma'ruf menghadiri acara di Kuala Lumpur. (Liputan6.com/Pool/Tim KH Ma'ruf Amin)

Bakal calon Wakil Presiden Kiai Ma'ruf Amin, bertemu dengan PM Malaysia, Mahathir Mohamad di Kuala Lumpur, Sabtu (8/9). Kunjungan dalam rangka silaturahmi disela-sela kegiatan Ma'ruf menghadiri acara di Kuala Lumpur. (Liputan6.com/Pool/Tim KH Ma'ruf Amin)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Baru, Destinasi Digital Pasar Cikundul Sukabumi

Posted: 08 Sep 2018 08:21 PM PDT

Liputan6.com, Sukabumi Generasi Pesona Indonesia (GenPI) tak berhenti memperbanyak destinasi digital. Ada satu lagi destinasi digital yang diperkenalkan pada Minggu (9/9/2018). Namanya Pasar Cikundul, Sukabumi.

Pasar Cikundul dijamin tidak kalah keren dengan destinasi digital lain yang sudah ada. Konsepnya sangat kekinian dan unik. Atraksinya yang banyak membuat destinasi digital ini sangat pas untuk menghabiskan waktu di Sukabumi.

"Alhamdulillah destinasi digital Pasar Cikundul sudah siap untuk di-launching. Ini adalah bukti semangat dari teman-teman GenPI untuk menciptakan destinasi digital. Kami semua berkolaborasi. Yang pasti kita seru-seruan bareng di sini," ujar Juragan Pasar Cikundul, Agus Rustiawandi, Sabtu (8/9/2018).

Atraksi yang akan ditampilkan dalam edisi perdana tersebut antara lain Pencak Silat, Saung Dongeng, dan Kipahare in action. Selain itu, akan diselenggarakan pula diskusi publik dengan tema pengembangan pariwisata destinasi digital. Pada sesi ini, GenPI akan berbagi pengalaman dalam mengembangkan destinasi digital.

Pasar Cikundul juga menyediakan beragam jajanan dan makanan yang menggugah selera. Tak hanya itu, spot Instagramable-nya pun banyak. Semua dikonsepkan untuk memenuhi hasrat kaum milenial.

"Kesimpulannya, pasar tidak melulu menjadi lolasi transaksi jual beli. Karena, dari konsepnya saja sudah sangat menarik dengan berbagai tambahan pemanis. Dan ini menjadikannya berbeda dari pasar–pasar lainnya," ucap Agus.

Lebih asyik lagi, semua hiburan tersebut dilingkupi dengan indahnya nuansa alam Tanah Sunda. Sesuai namanya, destinasi ini berada di Kawasan Taman Pemandian Air Panas Cikundul, Sukabumi. Spot utamanya berupa kolam air panas. Airnya langsung dari mata air vulkanik alami di samping Sungai Cimandiri, Sukabumi.

Selain itu, ada juga kolam pemandian air dingin. Pengunjung bisa berendam mencari kesejukan sambil menikmati indahnya pemandangan sekitar. Sangat pas untuk bersantai melepas lelah.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengaku senang dengan kreasi anak-anak muda GenPI yang semakin semangat dan kreatif. Menurutnya, destinasi digital seperti ini hanya ada di Indonesia.

"Kita mesti bangga kita menjadi negara pertama di dunia yang memiliki destinasi digital. Apalagi ini adalah kreasinya anak-anak muda yang peduli dengan pariwisata. Gas terus GenPI, teruslah berkreasi," kata dia.

Arief juga menyampaikan apresiasinya terhadap langkah cepat GenPI Sukabumi. Menurutnya, hasil usaha GenPI dalam membangun destinasi digital memang patut diapresiasi karena tak hanya berani aksi, tetapi juga mau berkolaborasi dengan unsur pentahelix pariwisata lainnya.

"Konsep community development diterapkan dengan melibatkan masyarakat sekitar lokasi sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat dari adanya pasar digital ini," ujar Arief.

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mourinho Butuh Karakter Seperti Drogba di MU

Posted: 08 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Legenda Chelsea, John Terry, percaya mantan manajernya, Jose Mourinho, membutuhkan pemain dengan karakter kuat seperti Frank Lampard dan Didier Drogba untuk bisa sukses di Manchester United (MU).

MU kurang oke musim ini. Dari empat pertandingan yang dilalui, Paul Pogba dan kawan-kawan sudah kalah dua kali. Gara-gara hasil buruk itu, Mourinho dalam tekanan.

"Di setiap klub, Mourinho memiliki karakter besar dan saya tidak yakin dia memiliki itu di MU saat ini. Di Chelsea, dia memiliki Drogba dan Frank Lampard," kata Terry kepada Daily Mail.

"Anda harus berdiri dan muncul di latihan setiap hari dan menunjukkan kepada Mourinho bahwa Anda ingin menang dengan segala cara. Jika Anda punya itu, dia 100 persen di pihak Anda."

Ragu Sukses Musim Ini

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho (AFP Photo/Oli Scarff)

Terry percaya Mourinho akan sukses bersama MU. Tapi, dia ragu hal tersebut akan terjadi musim ini.

"Saya pikir dia akan membawa kesuksesan ke MU, tetapi butuh kesabaran. Posisi tiga besar untuk musim ini akan diputuskan antara City, Liverpool dan Chelsea. Itu membuat MU dan Tottenham berjuang untuk tempat keempat," Terry menambahkan.

Lawan Watford

MU sendiri baru akan kembali main pada 15 September mendatang. Setan Merah bakal tandang ke markas Watford.

Kemenangan jadi harga mati bagi pasukan Mourinho demi mendongkrak posisi mereka di klasemen.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sambut Asian Para Games 2018, Pemprov DKI Sediakan 270 Bus Ramah Disabilitas

Posted: 08 Sep 2018 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, Pemprov siap menyambut Asian Para Games 2018. Pihaknya akan menyiapkan 270 bus Transjakarta guna mobilitas para atlet.

Anies memastikan, ratusan bus Transjakarta yang dioperasikan ramah disabilitas dan didesain khusus untuk para atlet Asian Para Games

"Untuk mobilitas para atlet kita menyiapkan semua bus Transjakarta yang lower deck rendah," kata Anies di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (9/9/2018).

Tak hanya itu, dia juga menyatakan selama penyelenggaraan Asian Para Games, Transjakarta juga akan menggratiskan kepada pelanggan. Anies menyebut hal tersebut akan mempermudah masyarakat menuju lokasi penyelenggaraan.

"Lalu penyelenggaran Para Games akan mengratiskan pengguna Transjakarta pada Sabtu dan Minggu," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu. 

Akses untuk Semua Warga

Anies menyebut, penyelenggaraan Asian Para Games merupakan bentuk kesempatan untuk menyadari bahwa infrastruktur dan fasilitas yang ada harus dimanfaatkan untuk semua kalangan. 

"Baik saudara kita yang menyandang disabilitas ataupun masyarakat difabel maupun masyarakat kita kebutuhan umum. Ini dijadikan momentum untuk dibuktikan semuanya untuk diakses oleh setiap warga," Anies menandaskan. 

 Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jemaah Haji Sambas Tiba di Tanah Air 14 September

Posted: 08 Sep 2018 08:13 PM PDT

Liputan6.com, Sambas - Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Uray Tajudin mengatakan, jemaah haji daerah setempat akan tiba di Tanah Air, Jumat, 14 September 2018 mendatang.

"Jumat depan Insya Allah jemaah haji kita tiba di Sambas. Sebelumnya nanti jemaah bermalam di Batam dan Pontianak. Pada 14 September 2018 baru ke Sambas," ujar Tajudin, seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/9/2018).

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya telah melaksanakan persiapan penyambutan jemaah haji asal Kabupaten Sambas tersebut.

"Kita harus benar-benar siap untuk menyambut kedatangan jemaah haji kita," ucapnya.

Sesuai arahan bupati, kata Tajudin, pada tahun ini penyambutan jemaah haji akan dipusatkan di Masjid At Taqwa Pemangkat.

"Kita atur sebelum jumatan jemaah tiba di Pemangkat," kata dia.

Tajudin pun berharap acara penyambutan jemaah haji bisa berjalan dengan lancar.

"Alhamdulillah, semuanya sudah dipersiapkan oleh kepanitiaan. Kita tinggal menunggu waktu saja," jelas Tajudin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pamer Kehebatan Bermain Api, Pria Ini Malah Alami Hal Mengerikan

Posted: 08 Sep 2018 08:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Saat bersama teman, kita memang bisa berani sampai melakukan hal nyeleneh dan gila. Meski begitu, kamu perlu tahu batasannya supaya tidak membahayakan dirimu sendiri dan orang lain.

Mungkin satu kisah pemuda asal Tiongkok ini bisa jadi pelajaran untuk anak muda lainnya agar tidak nekat melakuan aksi berbahaya, walaupun di depan teman sekalipun.

Pemuda 16 tahun yang tidak diungkap namanya ke publik itu diketahui melakukan atraksi napas api di depan teman-temannya. Alih-alih bikin takjub, aksinya malah berubah jadi bencana karena membakar wajahnya.

Insiden menegrikan ini terjadi di sudut jalan wilayah Gaoyuu, Jiangsu. Supaya membuat teman-temannya terkesan, remaja itu berniat untuk melakukan atraksi napas api.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Mulanya berhasil

Penanganan yang Tepat untuk Korban Luka Bakar (Jprom/Shutterstock)

Pada permulaanya, remaja itu sukses melakukan aktraksinya. Namun tak lama setelah berhasil, api yang disemburkannya justru berbalik mengenai wajahnya.

Remaja yang bersangkutan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Kebanyakan luka bakar yang dialaminya berada pada area wajah.

Seperti yang dilaporkan oleh Nextshark, pemuda tersebut sebenarnya sudah terbiasa untuk melakukan atraksi berbahaya itu. Ayahnya merupakan seorang imam Taoisme, yang mengejarkannya cara mengembuskan napas api. Remaja itu juga dilaporkan telah melakukan atraksi itu pada beragam acara.

Sehingga ketika ia mengalami kecelakaan, banyak orang merasa heran padahal ia sudah terbiasa melakukan aktraksi tersebut.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jejak Kerajaan Mataram Hindu di Desa Modern Siwal Sukoharjo

Posted: 08 Sep 2018 08:01 PM PDT

Sukoharjo - Sebagian besar wilayah Desa Siwal, Kecamatan Baki, Jawa Tengah merupakan lahan pertanian produktif yang memberikan kontribusi terhadap produksi padi di Sukoharjo. Wilayah Desa Siwal, Kecamatan Baki, tak hanya menyimpan kekayaan potensi pertanian melainkan budaya, pemberdayaan masyarakat serta teknologi informasi.

Pada awal 2018, warga setempat digegerkan dengan penemuan patung batu berbentuk sapi tanpa kepala yang diduga peninggalan Kerajaan Mataram Hindu.

Benda kuno berbentuk patung sapi dalam kondisi tak utuh itu ditemukan di pekarangan salah satu warga setempat. Patung sapi merupakan perwujudan lembu Andini pada zaman Kerajaan Majapahit. Lembu sakti itu diyakini hewan peliharaan Dewa Siwa.

"Dahulu, Desa Siwal masuk wilayah administrasi Keraton Pajang. Bisa jadi, masih ada peninggalan sejarah yang bernilai tinggi terpendam di wilayah Desa Siwal," kata Kepala Desa Siwal, Hendra Widada, saat berbincang dengan Solopos.com, beberapa waktu lalu.

Hal ini dikuatkan dengan adanya terowongan di pinggir sungai yang menghubungkan wilayah Desa Siwal dengan Desa Makamhaji, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Terowongan berdiameter sekitar 1,5 meter itu diperkirakan sepanjang lebih dari satu meter.

Hingga kini, warga setempat tak berani melewati terowongan lantaran kondisi bangunannya rusak dan retak. "Jika memang cagar budaya harus dijaga dan dirawat. Bisa diandalkan sebagai wisata sejarah di Sukoharjo. Pasti ada yang tertarik mengunjungi terutama komunitas pencinta budaya dan sejarah," ujar dia.

Potensi lainnya adalah program air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat.

Kelompok keswadayaan masyarakat telah membangun tower untuk memasok air bersih ke setiap rumah penduduk. Sayangnya, belum semua warga setempat bisa menikmati pasokan air dari Pamsimas lantaran keterbatasan jaringan pipa.

Hendra menambahkan jaringan pipa air Pamsimas di wilayah Desa Siwal, Sukoharjo sepanjang 4,5 kilometer. "Sekarang berencana membangun satu tower air di sekitar balai desa untuk memasok air bersih kepada pelanggan," papar dia.

Desa Siwal juga perintis implementasi aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) di Kabupaten Jamu. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni serta sarana dan prasarana (sarpras) yang memadai menjadi modal utama mengembangkan teknologi informasi guna mempercepat pembangunan di berbagai aspek kehidupan di perdesaan.

 

Baca berita menarik lainnya dari Solopos.com di sini.

 

Simak video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

UMM Ambil Langkah Hukum Terkait Hoax Formasi Tagar 2019 Ganti Presiden

Posted: 08 Sep 2018 08:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto formasi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang bermuatan politis beredar di media sosial. Foto tersebut yaitu bentuk formasi para mahasiswa UMM Dengan latar belakang putih, dan tulisan merah berbentuk #2019GantiPresiden.

Foto ini dengan cepat menyebar di jagat dunia maya. Mulai Facebook, Twitter, Instagram, hingga aplikasi WhatsAppSeolah-olah formasi ini resmi buatan UMM. Foto yang beredar juga lengkap dengan logo resmi dari kampus putih itu.

Mengenai hal ini, Rektor UMM, Fauzan MPd menegaskan, formasi bermuatan politis ini bukan buatan mereka. Artinya, formasi #2019GantiPresiden itu murni hoax.

Cek Fakta - Klarifikasi UMM (Foto: Instagram/@ummcampus)

"Kami sudah membuat keterangan resmi, bahwa foto yang disebar di dunia maya itu hoax. Kami tidak membuat flashmob semacam itu," katanya, ketika menghubungi JawaPos.com, Sabtu, 8 September 2018.

Keterangan resmi ini, lanjut Fauzan, juga sudah diunggah melalui akun media sosial milik UMM. Fauzan menjelaskan, pihaknya tengah menempuh upaya hukum. Bahkan, terduga pelaku yang mengedit dan menyebar foto hoax sudah dapat diidentifikasi oleh tim UMM

"Nanti itu tim hukum yang akan mengurus, yang jelas kami menempuh upaya hukum. Mungkin terduga pelaku itu ingin cari perhatian saja. Kebetulan momennya pas," beber mantan wakil rektor II itu. 

 

Kenapa Diplesetkan?

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/08/09/2018/hoax-formasi-2019gantipresiden-di-umm-rektor-kami-upayakan-hukum

Sementara itu, kreator formasi jas merah mob UMM, Jamroji menyayangkan ulah oknum yang mengedit foto formasi sehingga bermuatan politis.

"Kenapa harus diplesetkan yang mengarah ke persoalan politik. Apalagi ini menyangkut nama lembaga besar," katanya, Sabtu, 8 September 2018. 

Menurutnya, plesetan ini bisa mengarah ke fitnah. Dia menegaskan, formasi yang mereka bentuk adalah Merah Putih, KH Ahmad Dahlan, Student TodayLeaders Tomorrow, logo UMM, Peta Indonesia dan Pray for Lombok.

"Yo jelas nggak ada (formasi #2019GantiPresiden). Kami masih punya etika kok," tegas dia. 

Baca Berita-Berita Menarik JawaPos.com Lainnya di Sini

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kimmich Cocok Jadi Nomor 6 Timnas Jerman

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Jerman, Joachim Loew, mengaku puas melihat penampilan Joshua Kimmich yang bermain sebagai gelandang bertahan saat melawan Prancis di Nations League.

Posisi asli Kimmich adalah bek kanan. Pemain Bayern Munchen itu juga terkadang jadi bek tengah. Namun, Loew menggeser Kimmich jadi gelandang bertahan saat lawan Prancis.

Pemain 23 tahun itu berduet dengan Toni Kroos di lini tengah Jerman. Hasilnya, Kimmich bermain cukup impresif dalam laga yang berakhir imbang 0-0 itu.

"Saya pikir Kimmich akan menjadi solusi nomor enam di masa depan, yang sangat saya sukai," kata Loew seperti dilansir Soccerway.

Puji Ginter dan Kehrer

Pelatih timnas Jerman Joachim Loew (kiri) dan Didier Deschamps, pelatih timnas Prancis (Federico Gambarini / dpa via AP)

Dalam kesempatan itu, Loew juga memuji penampilan Matthias Ginter dan Thilo Kehrer.

"Ginter melakukan pekerjaan yang sangat bagus di sisi kanan. Dia menyelamatkan kami beberapa kali dalam pertempuran ketika kami sangat membutuhkan. Selain itu, saya melihat Kehrer juga dalam posisi gelandang bertahan. Dia cepat, memiliki tekel yang bagus dan dia secara teknis cukup bagus," Loew menambahkan.

Lawan Peru

Pada laga berikutnya, Jerman akan melakoni pertandingan persahabatan melawan Peru. Duel ini akan berlangsung pada Minggu (9/9/2018).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bocoran Soal Tes CPNS 2018 dan Ambang Batas Kelulusan

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu tahapan penting dalam seleksi CPNS 2018 adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tahapan ini harus dilalui oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS 2018 ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade).  Nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sementara Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen.

Dikutip dari laman resmi Kementerian PANRB, Minggu (9/9/2018), Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan, setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal.

TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. NKRI ini mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Sedangkan TIU dimaksudkan untuk menilai intelegensia peserta seleksi. Pertama, kemampuan verbal atau kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

TIU juga untuk  menilai kemampuan figural, yakni kemampuan yang berhubungan dengan kegesitan mental seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga kemampuan berpikir logis, atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat skor 5, dan yang salah nilainya nol (0).

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jejaring kerja, integritas diri, semangat berprestasi.

Selain itu, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja mandiri dan tuntas. Juga kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan, bekerjasama dalam kelompok, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya, TWK dan TIU, nilai untuk kelompok soal ini terbesar 5 dan tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Karena itu, peserta diimbau untuk menjawab seluruh soal TKP.

 

Passing Grade

Buat kamu yang dinyatakan lulus seleksi administrasi untuk CPNS Kemenkumham 2017, ini tahap selanjutnya yang harus diikuti. (Ilustrasi?Liputan6.com)

Untuk dapat mengikuti seleksi lanjutan, peserta SKD harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 tentang Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.

"Passing grade bagi peserta SKD dari kelompok pelamar jalur umum sama seperti tahun lalu, yakni  143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK," ujar Setiawan.

Sementara untuk pelamar dari formasi khusus, yang tahun lalu menggunakan sistem perangkingan, kali ini jumlah akumulasi dan nilai TIU ada batas minimalnya. Untuk pelamar dari formasi sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi nilai paling sedikit 298 dengan nilai TIU minimal 85.

Sedangkan bagi penyandang disabilitas, nilai kumulatifnya 260, dengan TIU minimal 70. Putra-putri Papua/Papua Barat, nilai akumulatif 260 dengan TIU minimal 60. Untuk eks tenaga honorer K-II, nilai akumulatif minimal 260 dan TIU minimal 60.

"Untuk peserta seleksi dari olahragawan berprestasi internasional, nilai terendah merupakan nilai ambang batas hasil SKD," imbuh Setiawan.

Ditambahkan, Permen PANRB No. 37/2018 ini juga mengatur adanya pengecualian untuk beberapa jabatan. Untuk dokter spesialis dan instruktur penerbang, nilai kumulatif minimal 298, dengan nilai TIU sesuai passing grade. Sedangkan untuk jabatan juru ukur, rescuer, ABK, pengamat gunung api, penjaga mercusuar, pawang hewan, dan penjaga tahanan, akumulasi nilainya paling sedikit 260 dengan nilai TIU minimal 70.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Misteri Keberadaan Harta Karun di Pesawat SwissAir yang Celaka pada 1998

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Nova Scotia - Pada 2 September 1998 malam, pesawat SwissAir Penerbangan 111 celaka, hanya dua jam usai lepas landas dari New York menuju Jenewa. Kapal terbang itu jatuh di Laut Atlantik, sekitar 8 kilometer dari pantai di dekat desa nelayan Peggy's Cove dan Bayswater, Nova Scotia, Kanada.

Seluruh awak dan penumpang yang berada di McDonnell Douglas MD-11 itu meninggal dunia. Sementara, badan pesawat pecah berkeping-keping.

Di tengah tragedi kemanusiaan yang timbul akibat bencana tersebut, desas-desus beredar soal nasib harta karun yang konon berada dalam pesawat.

Menurut The Canadian Press, harta benda dalam jumlah banyak diangkut di dalam pesawat, termasuk lebih dari 5 kilogram berlian dan perhiasan, sebuah lukisan Picasso bernilai jutaan dolar, dan lembaran uang yang jika ditimbang beratnya hampir 50 kg.

Namun, tak ada satupun harta tersebut yang ditemukan.

Jurnalis sekaligus penulis Stephen Kimber, yang menulis buku berjudul, Flight 111: A Year in the Life of a Tragedy mengungkap soal keberadaan harta karun tersebut, yang konon nilainya mencapai 528 juta dolar Australia atau Rp 5,49 triliun.

"Ada banyak desas-desus yang muncul soal itu pascakecelakaan. Bahwa ada barang-barang berharga di dalam pesawat," kata dia kepada The Canadian Press, seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (8/9/2018).

"Di suatu titik di dasar lautan, secara teoritis, berlian-berlian itu berada."

Sementara itu, seorang pembuat film dokumenter, John Wesley Chisholm mengatakan, perburuan harta karun di sekitar lokasi kecelakaan adalah hal yang terlarang.

Namun, menurut dia, ada kemungkinan seseorang menjarah sejumlah harta dengan kedok mencari bangkai kapal yang ada di sana.

"Teknik yang biasa dalam perburuan harta karun adalah dengan mengatakan, 'kami mencari bangkai kapal di sana'...padahal faktanya mereka mencari harta yang berasal dari SwissAir.

"Harta karun bisa membuat orang gila...membuat mereka yang waras melakukan hal-hal di luar akal sehat."

Kimber mengklaim, pesawat itu membawa berlian yang merupakan bagian dari pameran American Museum of Natural History -- bersama sekilo berlian lain, 4,5 kilogram perhiasan lain, 49 kg uang tunai, dan lukisan Picasso yang diyakini rusak akibat kecelakaan.

Lukisan berjudul Le Peintre itu ditaksir bernilai 2 juta dolar.

Pasca-kecelakaan, kapal khusus yang dilengkapi vakum dikerahkan ke lokasi kecelakaan SwissAir, untuk mengangkat puing-puing pesawat.

Sudah ada 18.000 kilogram puing yang terangkat. Namun, tak pernah ada laporan terkait temuan harta.

Sementara itu, rencana perusahaan asuransi Lloyd's of London untuk menyisir area kecelakaan untuk mengambil harta yang ada di sana dibatalkan, menyusul kemarahan para keluarga korban. 

 

Saksikan video terkait pesawat berikut ini: 

20 tahun berlalu...

Proses pencarian pesawat SwissAir Penerbangan 111 celaka Pada 2 September 1998 malam  (Wikipedia/Public Domain)

Awal bulan ini, ratusan keluarga dan kerabat korban SwissAir Penerbangan 111 berkumpul dalam sebuah acara yang digelar di Bayswater. Bersama penduduk setempat mereka memperingati 20 tahun tragedi kecelakaan itu.

Salah satunya adalah Robert Kokoruda yang kehilangan ayah, ibu, juga empat temannya. "Rasanya seperti baru kemarin," kata dia kepada CBC. "Sungguh sulit dipercaya, itu terjadi 20 tahun lalu.

Lokasi persis di mana kecelakaan terjadi belum diketahui, meski penyelidikan yang dilakukan pihak Transportation Safety Board of Canada (TSB) menguak 11 penyebab dan faktor yang berkontribusi atas tragedi itu.

Salah satunya adalah fakta bahwa standar yang tersertifikasi untuk material yang mudah terbakar dalam pesawat tidak mencukupi, yang membuat penggunaan material itu berpotensi memicu, mempertahankan atau bahkan menyebarkan api.

Begitu api mulai menyala, kobaran menyebar dengan cepat, merusak sistem pesawat dan akhirnya mengarah pada "hilangnya kendali" kapal terbang.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Caca Tengker Berikan Alasan Gunakan Bayi Tabung

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Adik Nagita Slavina, Alsi Mega Marsha Tengker atau biasa dipanggil Caca Tengker belum lama melahirkan anak pertamanya. Meski baru menikah, Caca Tengker diketahui menjalani program bayi tabung di klinik Morula IVF Jakarta. 

Diakui oleh Caca Tengker jika menjalani program bayi tabung adalah pilihan. Dirinya juga mengaku jika menjalani program bayi tabung memiliki keasyikan sendiri.

"Aku dan suami ikut program bayi tabung. Kalau dibilang rasanya seperti naik roller coasterya, tapi secara emosional saja. Tapi karena kita berdua menjalaninnya, jadi penuh semangat dan dukungan," ujar Caca Tengker saat jadi pembicara di Fertility Science Week di Central Park Mall, Jakarta Barat, Kamis (6/9/2018).

Meski baru menikah dengan pria bernama Barry Tamin pada 16 April 2017 lalu, Caca Tengker langsung memutuskan ikut program bayi tabung demi mendapatkan anak secepatnya.

 

Alasan

Caca Tengker tampak memesona saat menjalani pemotretan maternity dengan konsep monokrom. (Foto: instagram.com/andreblake_)

Dirinya tak ingin menunda kehamilan lantaran faktor usia yang telah cukup matang untuk memiliki keturunan. 

"Dari awal nikah kita langsung cek, kita sempat usaha tapi tidak berhasil. Aku mikir tidak usah nunggu lama-lama toh umur juga sudah tak muda, kita sudah siap menjalani kehamilan dan punya anak," ujarnya.

Usaha Caca dan Berry pun membuahkan hasil. Pasangan ini dikarunia putri cantik bernama Ansara Maisadipta Tamin yang lahir pada 28 Agustus 2018 lalu.

 

Merayakan

Caca Tengker di acara  Fertility Science Week

Caca Tengker sendiri ikut menghadiri perayaan 20 tahun berdirinya, Klinik Morula IVF Jakarta yang mengadakan acara Fertility Science Week pada 6-9 September 2018 di mal Central Park Jakarta. 

Acara yang dikemas dalam konsep edutaiment ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang gangguan kesuburan dan kedokteran terkini untuk mengatasinya, termasuk dengan teknik bayi tabung.

Menurut President Klinik Morula IVF, dr.Ivan Sini Sp.OG, gangguan kesuburan dialami oleh 1 dari 10 pasangan atau sekitar 4 juta orang di Indonesia.

Untuk hari terakhir ini, acara juga akan dimeriahkan oleh penampilan Marcell.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kehadiran Faker di E-Sports Asian Games 2018 Jadi Sorotan

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Jakarta - Korea Selatan memang hanya merebut perak Asian Games pada cabang League of Legends (LOL). Meski begitu, salah satu penggawa tim Korea Selatan Lee Sang-hyeok menyita perhatian.

Juara dunia tiga kali LOL berusia 22 tahun yang ditaksir berpenghasilan 2,8 juta dolar AS (Rp 41,5 miliar) per tahun tersebut memiliki statistik pribadi yang mentereng di sepanjang Asian Games 2018.

Ketimpangan kemampuan figur berjuluk Faker dengan beberapa rekan setimnya memang akhirnya membuat mereka harus kandas di final, tapi media-media Korea Selatan dan China tetap melihatnya sebagai "dewa immortal" di ranah LOL. Fenomena ini tak urung sempat membuat para orang tua khawatir bahwa anak-anak yang memuja Faker akan memilih jalan yang sama dengan sang idola, yaitu putus sekolah demi serius berkarier di e-sports. 

Tidak mengherankan pula bila akhirnya media-media Asia pasca Asian Games 2018 mengarahkan fokusnya untuk membuka jalan tengah bagi para pelajar yang ingin berkarier sebagai atlet e-sports. Alih-alih putus sekolah, pelajar kini dapat memilih institusi pendidikan yang memiliki mata pelajaran e-sports dan berkompetisi di level antarsekolah dengan jumlah bayaran yang tak kalah besar. 

ESPN Asia sengaja mengangkat berita investasi New Enterprise Associates dari Silicon Valley senilai 15 juta dolar AS (Rp 222,5 miliar) untuk memastikan sebuah platform kompetisi e-sports di tingkat SMA dapat berjalan lancar. Platform bernama PlayVS tersebut juga kemudian mendapatkan suntikan dana dari tiga lembaga lain hingga total investasi naik tiga kali lipat.

Dengan lahirnya ajang PlayVS tersebut kini National Federation of State High School Associations (NFHS) sebagai payung kompetisi olah raga antar SMA di Amerika Serikat bisa menggelar kompetisi e-sports di total 50 negara bagian. Alhasil, sebagai dampak langsungnya kurikulum e-sports di level SMA perlahan-lahan pun harus beradaptasi demi menjaga tingkat persaingan masing-masing sekolah di level nasional. 

PlayVS akan menyediakan perangkat lunak dan membantu sekolah untuk memilih wakilnya dalam sebuah kompetisi e-sports. Dengan ekosistem olah raga seperti ini pada akhirnya para pemandu bakat dari perguruan tinggi pun akan dengan mudah memilih sekolah-sekolah unggulan di ranah e-sports untuk dikucuri bea siswa.

 

Blevins yang Tetap Bersekolah di AS

Lee Sang-hyeok (kiri) alias Faker, atlet e-sports handal Korea Selatan di nomor League of Legends.

Seperti halnya Faker di Korsel, di AS kini tengah naik daun seorang pelajar SMA bernama Tyler Blevins karena dikenal piawai memainkan nomor e-sports bertajuk Fortnite. Remaja berjulukan "Ninja" itu bisa meraup penghasilan sebesar 500 ribu dolar AS (Rp 222,7 juta) dari hadiah kompetisi dan sponsor.

Situasi ini sontak membuat Blevins lebih tenar di antara para pelajar yang semula mengincar untuk masuk tim American Football serta Basket  dan membuat para pengamat olah raga tradisional menjadi khawatir. Ya, tidak sama halnya dengan American Football dan Basket yang cenderung kian sulit mendapatkan talenta muda berbakat dalam lima tahun terakhir, e-sports justru makin diminati anak-anak dan remaja yang memilih untuk mengadu nasib di cabang olah raga baru ini.

Entah Faker atau Ninja, keduanya sama-sama memperlihatkan bahwa ke mana uang mengalir ke sanalah minat masyarakat juga ditarik dengan masif. Meski banyak pengamat olah raga khawatir pergeseran ini membuat generasi muda memilih jalan pintas untuk mendulang uang namun kenyataannya upaya adaptasi para pendidik dalam menyusun kurikulum baru di sekolah akan membuat para atlet e-sports muda tetap menuntaskan pendidikannya. 

E-sports sendiri diyakini tetap memiliki marwah olah raga karena untuk berkarier di dalamnya seorang atlet harus melakukan olah fisik yang membuat mereka fokus dalam berpikir dan menjaga kondisi mentalnya di tengah tekanan besar saat bertanding. Selain itu, mereka juga harus aktif berkomunikasi secara verbal dengan rekan setim atau pelatih untuk mencapai prestasi tertinggi sehingga sikap individualistis tidak punya ruang untuk berkembang di dalamnya. 

Faktor kecerdasan sosial ini jugalah yang sebenarnya harus diasah Faker jika ia ingin berhasil di saat e-sports dipertandingkan pada Asian Games 2022 di Hangzou. Pilihan untuk tetap bertahan di sekolah akan memudahkan remaja penggemar e-sports untuk tetap bersosialisasi secara sehat dengan sebaya. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Akibat Saling Ejek, 2 Kelompok Suporter Terlibat Tawuran

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta 2 kelompok suporter sepakbola terlibat tawuran di Jalan Ciledug Raya, akibatnya arus lalu lintas terganggu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Usia Tepat Ajarkan Anak Baca dan Memahami Isi Alquran

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Alquran merupakan pedoman dan penyelamat kehidupan seluruh umat muslim hingga akhir hayat. Dan sudah kewajiban bagi mereka yang memeluk agam Islam mempelajari Alquran. 

Banyak orangtua yang mulai mengajarkan anak-anaknya membaca Alquran sejak sangat kecil. Dengan harapan kegiatan itu menjadi kebiasaannya sampai besar nanti. Lantas, di usia berapa anak diajarkan membaca Alquran?

 

Tentunya dengan pendekatan yang sangat ramah anak dan bernuansa menyenangkan. Di umur 3 tahun, anak-anak sudah mulai bisa diajak membaca surat-surat pendek. Hal ini bukan tanpa alasan.

Seperti dikutip dari Muslim.or.id, di usia 3 tahun akal anak mulai berkembang, memorinya masih bersih murni, ia masih senang dengan kisah-kisah dan ia masih mudah menuruti apa yang diperintahkan.

Hendaknya yang mulai mengajarkan ayat-ayat Alquran adalah kedua orang tuanya. Karena secara umum, pada seumur 3 tahun anak belum bisa memiliki pelafalan yang stabil dan masih sulit memfokuskan diri untuk melafalkan bacaan dengan benar

 

Baca Alquran Sejak Dini

Hendaknya mendiktekan surat-surat pendek kepada anak, dan mengulang-ulang ayatnya. Jika ayatnya panjang, bisa dipotong-potong menjadi beberapa kalimat. Sampai mereka bisa mampu melatihnya dan mengulang-ulangnya sendiri tanpa didikte.

Bisa juga menggunakan beberapa media rekaman murattal yang dapat membantu anak menghafal Alquran. Jangan lupa menjelaskan makna-makna ayat dengan penjelasan yang menyenangkan.

Hal ini memudahkan anak untuk menghafal karena jika mereka paham maksud ayat, akan lebih mudah menghafalnya.

Kerahkan segala upaya terhadap anak agar membuat ia lebih mencintai Alquran dan membakar semangatnya untuk menghafal. Penjelasan selengkapnya baca di sini.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Layaknya Manusia, Robot Juga Bakal Punya Emosi

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Robot di masa depan bakal diprediksi bakal memiliki emosi seperti manusia.

Prediksi ilmiah tersebut tertuang dalam jurnal penelitian ilmuwan Cardiff University dan MIT yang dipublikasikan belum lama ini.

Dalam laporan yang dilansir Ubergizmo, Minggu (9/9/2018), penelitian mengungkap kalau jenis emosi yang hadir di dalam robot nantinya akan berbentuk berupa perasaan, dan menstimulasi pikiran yang muncul sehingga mengarah ke arah prasangka.

Penlitian ini diujicoba dalam simulasi gim running yang dimainkan oleh robot.

Dalam simulasi tersebut, robot-robot yang bermain gim ini didorong untuk memiliki keputusan dalam mengontrol arah lari. Mereka bahkan bisa memainkan karakter pelari untuk berhenti, atau sekadar membuat laju lari menjadi lebih kencang.

"Simulasi kami menunjukkan kalau emosi adalah dorongan terkuat dari alam dan evolusi. Hal ini dengan mudahnya bisa muncul dalam populasi virtual seperti robot," ujar pimpinan penelitian Roger whitaker.

Menurutnya, ujicoba ini menandakan bahwa keputusan yang diambil para robot yang ikut ke dalam gim berlari tersebut, memperlihatkan kalau mereka memiliki jenis ikatan emosi yang bisa memengaruhi robot lain, layaknya seperti populasi manusia.

 

Ilmuwan: Manusia Bisa Tertarik secara Seksual dengan Robot

Ilustrasi Robot (iStockPhoto)

Robot yang memiliki emosi juga dibuktikan dari penelitian ilmuwan yang dilakukan beberapa bulan lalu.

Dalam penelitian tersebut, robot dinilai bisa memiliki emosi yang mengarah ke orientasi seksual. 

Dalam hal ini, mereka mengklaim ketertarikan tersebut sebagai orientasi seksual baru dengan nama "Digisexual".

Menurut informasi yang dilansir Telegraph, para ilmuwan bahkan melakukan prediksi orientasi seksual ini akan meningkat seiring berkembangnya teknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) pada robot.

"Sekarang saja, teknologi sudah menyediakan fasilitas bagi manusia untuk berinteraksi secara seksual. Channel pornografi menyediakan konten 3D yang bisa diakses via Virtual Reality (VR). Ada juga sexbots, asisten virtual yang dikhususkan untuk kegiatan dewasa," kata Profesor Neil Mccarthur, Direktur Pusat Etika Terapan dan Profesional di University of Manitoba, Kanada.

"Mungkin sudah saatnya saya mengatakan era seks virtual telah tiba. Dengan segala kecanggihan yang ditawarkan, adopsi orientasi seksual manusia akan beralih. Beberapa dari mereka mungkin sudah menjadi digisexual. Lebih tertarik dengan robot, yang berkaitan dengan teknologi," dia menerangkan.

Pernikahan dengan Robot

Lilly, wanita asal Prancis yang ingin menikah dengan robot. Dok: dailymail.co.uk

"Tanda-tanda" digisexual memang sudah menyeruak sejak beberapa tahun terakhir. Yang paling bikin heboh adalah pernikahan wanita Prancis bernama Lilly dengan robot besutannya.

Ia membuat robot yang diberi nama InMoovator tersebut menggunakan printer 3D. Lilly diketahui hidup bersama InMoovator sekitar empat tahun lamanya. Di akun Twitter pribadinya, ia menulis, "Aku Digisexual, kami tidak menyakiti siapa pun, kami sangat bahagia."

Lilly dilaporkan sudah bertunangan dengan robot pujaannya dan mengaku akan menikah saat pernikahan manusia-robot legal di Prancis.

Wanita ini mengaku, ia menyadari tertarik kepada robot secara seksual saat dirinya masih berusia 19 tahun karena ia tidak suka melakukan kontak fisik dengan manusia. Ia bahkan bersikeras kalau kondisinya ini tidak konyol.

Ia beralasan, ini hanya gaya hidup alternatif. "Aku benar-benar hanya tertarik dengan robot," imbuhnya. Namun, Lilly tidak mengatakan secara detail, apakah ia dan InMoovator melakukan hubungan seksual.

"Ini hanyalah sebuah hubungan cinta, karena saya tidak suka kontak fisik dengan manusia," ungkapnya.

Keluarga dan teman-temannya telah menerima hubungan yang tidak biasa ini, tapi tidak semua orang yang ada di sekitarnya bisa memahami hal tersebut.

(Jek/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Manfaat Daun Teh bagi Kecantikan Kulit

Posted: 08 Sep 2018 08:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bagi para pecinta teh, mungkin Anda tidak bisa memulai hari tanpa secangkir teh. Selain sebagai minuman, rupanya teh juga memiliki manfaat bagi kecantikan. Kaya akan antioksidan, sifat anti inflamasi dan anti penuaan, membuat teh mampu mempertahankan kulit yang sehat dan bercahaya.

Baik teh hijau maupun teh hitam, mengandung kafein dan antioksidan yang membantu memerangi jerawat. Pembentukan tanda penuaan seperti keriput dan garis halus juga akan hilang dengan menggunakan daun teh. Dikutip dari Boldsky.com, ada beberapa manfaat daun teh lainnya bagi kecantikan. Apa saja?

1. Mengatasi bibir pecah

Ilustrasi kantung teh (iStockphoto)

Bibir pecah perlu dihidrasi secara teratur. Teh hijau bekerja cukup baik sebagai agen penghidrasi alami. Anda hanya perlu membasahi kantung teh hijau ke dalam air, kemudian aplikasikan pada bibir selama 5-10 menit.

2. Membersihkan kulit

Jenis teh putih sebenarnya adalah teh dengan olahan minimal yang kaya akan antioksidan. Dengan lembut namun efektif, teh putih juga ampuh membersihkan kulit. Rendam daun teh untuk dibuat pasta. Oleskan pasta dengan tipis di seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air dingin.

3. Mengeksfoliasi kulit

Antioksidan dalam daun teh membantu meningkatkan kilau pada kulit. Anda dapat menggunakan kantong teh bekas dan daunnya sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga kulit Anda menjadi lebih sehat.

4. Menenangkan kulit

Ilustrasi kantung teh (iStockphoto)

Teh kamomil menjadi solusi terbaik untuk mengatasi iritasi kulit dan peradangan. Teh jenis ini membantu dalam menenangkan kulit gatal, kemerahan, dan bercak kerak pada kulit yang menyebabkan iritasi.

5. Meratakan warna kulit

Daun teh memiliki sifat astringen yang membantu memberikan warna kulit lebih jernih dan halus. Anda bisa menggunakan daun teh sebagai toner alami yang memberikan hasil instan. Seduh daun teh dan gunakan daun teh untuk menyeka wajah Anda.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Penampilan Energik AKB48 di Jak-Japan Matsuri 2018

Posted: 08 Sep 2018 07:58 PM PDT

Penampilan vokal Grup asal Jepang AKB48 pada festival JAK-Japan Matsuri 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu diantaranya Heavy Rotation dan Aitakatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokal Grup asal Jepang AKB48 pada festival JAK-Japan Matsuri 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu diantaranya Heavy Rotation dan Aitakatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Vokal Grup asal Jepang AKB48 tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Vokal Grup asal Jepang AKB48 tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokal Grup asal Jepang AKB48 pada festival JAK-Japan Matsuri 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu diantaranya Heavy Rotation dan Aitakatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokal Grup asal Jepang AKB48 pada festival JAK-Japan Matsuri 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu diantaranya Heavy Rotation dan Aitakatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Vokal Grup asal Jepang AKB48 tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Vokal Grup asal Jepang AKB48 tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokal Grup asal Jepang AKB48 pada festival JAK-Japan Matsuri 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu diantaranya Heavy Rotation dan Aitakatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penampilan vokal Grup asal Jepang AKB48 pada festival JAK-Japan Matsuri 2018 di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu diantaranya Heavy Rotation dan Aitakatta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Vokal Grup asal Jepang AKB48 tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Vokal Grup asal Jepang AKB48 tampil pada acara Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang di kawasan Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (8/9). Dalam musik festival itu AKB48 menyanyikan sepuluh lagu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Terobosan Baru di Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2019

Posted: 08 Sep 2018 07:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 berlangsung sukses. Animo atlet-atlet berbakat mengikuti acara ini sangat tinggi. Jumlah peserta meningkat drastis.

Sejak Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 digelar di Pekanbaru hingga Kudus, tercatat sebanyak 5.957 bibit pebulutangkis mengikuti tahapan seleksi yang dipantau langsung oleh para legenda bulutangkis yang tergabung dalam Tim Pencari Bakat.

Sebagai pembanding, setahun sebelumnya jumlah peserta yang terjaring mencapai 4.058 peserta.

"Yang mengagumkan peserta Audisi Umum merata dari 32 provinsi. Dari Aceh sampai Papua. Semakin tahun semakin merata," kata Direktor Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin kepada media.

Terobosan Baru

Para legenda bulu tangkis yang tergabung dalam tim pencari bakat tengah berfoto dengan para peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulu Tangkis 2018. (foto: PB Djarum)

Total 221 anak berhasil lolos ke final Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018. Mereka berasal dari 23 provinsi. Mulai Aceh hingga Maluku Utara.

Suksesnya pelaksanaan Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 membuat PB Djarum akan membuat terobosan baru untuk acara ini di tahun 2019 nanti.

Evaluasi

"Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis pasti akan berlanjut tahun depan. Kami akan evaluasi. Salah satu terobosan yg akan kita lakukan adalah coaching clinic yang berujung pemberian super tiket," kata Yoppy.

Nantinya PB Djarum akan mengumpulkan atlet-atlet muda unggulan dari klub-klub di daerah di satu titik. Atlet berbakat yang mampu tampil menjanjikan dan memenuhk syarat bakal mendapat super tiket ke final Audisi Djarum Beasiswa Bulutangkis.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Suara Merdu Andien Menggema di Festival Jak-Japan Matsuri 2018

Posted: 08 Sep 2018 07:36 PM PDT

Penyanyi jazz Andien Aisyah memeriahkan panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Andien membawakan empat lagu, yakni Sahabat Setia, Rindu Ini, Indahnya Dunia dan Moving On. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah memeriahkan panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Andien membawakan empat lagu, yakni Sahabat Setia, Rindu Ini, Indahnya Dunia dan Moving On. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah tampil di panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Penampilan Andien dimeriahkan dengan kerlap-kerlip lampu panggung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah tampil di panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Penampilan Andien dimeriahkan dengan kerlap-kerlip lampu panggung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah memeriahkan panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Andien membawakan empat lagu, yakni Sahabat Setia, Rindu Ini, Indahnya Dunia dan Moving On. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah memeriahkan panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Andien membawakan empat lagu, yakni Sahabat Setia, Rindu Ini, Indahnya Dunia dan Moving On. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah tampil di panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Penampilan Andien dimeriahkan dengan kerlap-kerlip lampu panggung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah tampil di panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Penampilan Andien dimeriahkan dengan kerlap-kerlip lampu panggung. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah memeriahkan panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Andien membawakan empat lagu, yakni Sahabat Setia, Rindu Ini, Indahnya Dunia dan Moving On. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Penyanyi jazz Andien Aisyah memeriahkan panggung Jak-Japan Matsuri 2018 di Plaza Tenggara, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/9). Andien membawakan empat lagu, yakni Sahabat Setia, Rindu Ini, Indahnya Dunia dan Moving On. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gencatan Senjata Gagal, Rusia dan Pemerintah Suriah Kembali Gempur Idlib

Posted: 08 Sep 2018 07:31 PM PDT

Liputan6.com, Damaskus - Pesawat tempur Rusia dan Suriah menggempur kota di Provinsi Idlib, yang dikuasai oposisi, pada Sabtu 8 September 2018, sehari setelah pertemuan puncak antara presiden Turki, Rusia dan Iran gagal menyepakati gencatan senjata, yang akan mencegah serangan dukungan Rusia.

Saksi dan relawan kemanusiaan mengatakan sedikit-dikitnya puluhan serangan udara menghantam sejumlah desa dan kota di bagian selatan Idlib dan kota Latamneh di bagian utara Hama, tempat pemberontak masih berkuasa, pada Sabtu 8 September 2018 waktu setempat.

Helikopter Suriah menjatuhkan bom --berisi peledak-- di atas rumah warga di pinggiran kota Khan Sheikhoun, kata dua warga dari kawasan di bagian selatan Idlib, menurut lansiran Reuters, seperti dikutip dari Antara, Minggu (9/9/2018).

Tiga warga tewas di desa Abdeen di bagian selatan Idlib, kata sumber pertahanan sipil.

Pertemuan puncak pada Jumat 7 September menitikberatkan pada operasi militer yang akan dilakukan di Idlib, benteng besar dan terakhir oposisi yang aktif di Suriah menentang Presiden Bashar al-Assad.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mendesak gencatan senjata dalam pertemuan puncak tersebut tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan gencatan senjata tak berarti karena tidak melibatkan kelompok-kelompok militan penentang Assad dan sekutunya yang disebut teroris.

Teheran dan Moskow telah membantu Presiden Suriah membalik arah perang melawan para penentang, mulai dari para pemberontak dukungan Barat hingga para militan teroris, sementara itu Turki merupakan pendukung oposisi Kurdi dan memiliki tentara di negara tersebut.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengkhawatirkan serangan berskala penuh menyebabkan bencana kemanusiaan, yang melibatkan puluhan ribu warga terdampak.

 

Simak video pilihan berikut:

Dalih Rusia

Relawan White Helmets memadamkan kobaran api bekas serangan militer di Provinsi Idlib, Suriah, Minggu, (7/1). Laporan mengatakan bahwa ledakan merupakan bom mobil, sementara lainnya menyebut serangan drone. (Syrian Civil Defense White Helmets via AP)

Pejabat senior Rusia buka suara soal operasi pengeboman udara yang dilakukan oleh koalisi Rusia-Suriah di Provinsi Idlib di Suriah pekan ini, sebagaimana ramai diberitakan oleh berbagai media asing.

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva mengatakan, "Kehadiran Rusia di Suriah bukan tentang mendukung Presiden (Bashar) al-Assad, seorang pemimpin yang terlegitimasi memimpin Suriah atas kehendak rakyatnya."

"Tapi, kehadiran kami di Suriah adalah untuk memerangi teroris dan Idlib merupakan jantung pertahanan terakhir bagi kelompok teroris di Suriah," jelasnya di Jakarta, Rabu 5 September 2018.

"Rusia mendukung sepenuhnya Suriah dan melakukan semua yang kami bisa guna membasmi 100 persen teroris dari Suriah," tambahnya.

Seperti dikutip dari BBC pada Rabu 5 September 2018, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, kelompok pemantau yang berbasis di Inggris, melaporkan bahwa jet Rusia telah melakukan sekitar 30 serangan di sekitar 16 daerah yang dikuasai pemberontak di Idlib barat, pegunungan Provinsi Latakia, dan dataran Sahl al-Ghab.

Kantor berita pro-oposisi Step News melaporkan serangan Rusia terjadi di desa-desa Inab, al-Janudiya, Tal Aawar, Sririf, Jadraya dan al-Bariya, di Idlib, Suriah.

Sebuah situs berita yang berafiliasi dengan aliansi jihad Al Qaeda, Hayat Tahrir al-Sham (HTS) mengunggah foto-foto yang menunjukkan gumpalan asap naik dari beberapa desa.

Hayat Tahrir al-Sham disebut oleh PBB sebagai organisasi teroris dan diperkirakan memiliki 10.000 pasukan di Idlib, dan faksi-faksi pemberontak saingan yang didukung oleh negara tetangga Turki mengatakan mereka akan melawan. Kelompok ini yang diduga menjadi target serangan bombardir teranyar Rusia di Idlib pada pekan ini.

Juru Bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan bahwa tentara Suriah (yang didukung Rusia) "bersiap-siap" untuk membersihkan "pendudukan terorisme".

Peskov mengatakan militan terkait Al Qaeda --diduga sebagai HTS-- yang mendominasi di provinsi barat laut Idlib mengancam pangkalan militer Rusia di Suriah, dan memblokir solusi perdamaian politik terkait perang saudara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rossi Tercecer, Vinales Pede Tatap Kemenangan Pertama di MotoGP 2018

Posted: 08 Sep 2018 07:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan mencolok terjadi di tim Movistar Yamaha. Ini berkaitan dengan posisi Maverick Vinales dan Valentino Rossi jelang menghadapi balapan seri 13 di MotoGP Misano, Minggu (9/9/2018).

Pada kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Misano, Sabtu (8/8) malam WIB, Vinales berhasil menempati barisan pertama setelah mencatat waktu tercepat ketiga 1 menit 31.950 detik atau selisih 0.321 detik dari Jorge Lorenzo. Sedangkan, Rossi harus memulai balapan kandangnya dari urutan ketujuh setelah membukukan waktu 1 menit 32.028 detik.

Keberadaan Vinales tentunya disambut positif tim Yamaha. Maklum, pabrikan Jepang tampak masih penasaran untuk melihat pembalapnya berdiri gagah di podium pertama, sebab hingga 12 seri yang telah berlangsung di musim ini, belum ada satu pun pembalap tim Garpu Tala yang mengantongi kemenangan.

Usai kualifikasi, Vinales mengatakan motivasinya untuk memperjuangkan kemenangan di Misano sangat tinggi. Kepercayaan diri itu muncul sejak di Inggris.

Kepercayaan Ekstra

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. (Twitter/Yamaha MotoGP)

"Setelah tes Misano (setelah batal balapan di Silverstone) saya sudah mengatakan bahwa saya merasa jauh lebih baik dengan motor. Kami tampaknya telah meningkatkan sedikit elektronik, ini memberi saya kepercayaan ekstra pada motor dan juga dengan ban depan," kata Vinales dikutip dari Autosport.

"Jadi kami meningkat dari hari ke hari, putaran demi putaran dan saya merasa lebih baik dengan motor. Saya tahu pada kualifikasi ini mungkin saya bisa memberikan sedikit lebih banyak tetapi saya benar-benar senang berada di barisan depan, hari ini adalah penting. Dengan kecepatan yang saya miliki sekarang saya bisa bertempur di depan."

Tak Cepat Puas

Kendati demikian, Vinales tak lekas puas dengan capaian di kualifikasi. Pembalap berjuluk "Top Gun" itu mengklaim masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki sebelum balapan berlangsung.

"Yang pasti, masih ada waktu untuk memperbaiki, ada beberapa tikungan yang harus saya tingkatkan, dan saya punya waktu. Jadi mari kita lihat. Sejujurnya saya penasaran untuk melihat bagaimana motor bekerja selama balapan," pungkas Vinales. (David Permana)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: