Sabtu, 29 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Daftar Mobil Bekas Honda di Bawah Rp 100 Juta per September 2018

Posted: 29 Sep 2018 10:06 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Faktor merk memang tidak bisa dipungkiri merupakan salah satu bahan pertimbangan saat orang-orang akan membeli mobil dan mobil bekas. Ditambah dengan model yang sudah memiliki nama baik di masyarakat tentu akan menjadi nilai plus tersendiri. Honda merupakan salah satu merek yang cukup terkenal di kalangan pecinta roda 4 di Indonesia.

Di tahun 2018 saja bahkan tetap ada beberapa model mobil yang masih bertahan seperti Honda Civic, Toyota Corolla, Toyota Avanza, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, dll. Model-model mobil tersebut tentunya memiliki nama baik dan sudah cocok bagi orang-orang sehingga pabrikan masih memproduksinya. Jangan lupakan mobil bekasnya dulu, karena harga mobil bekas yang disebutkan di atas saat ini bisa dibilang sangat menarik dan menggiurkan bagi orang-orang yang  mencari harga mobil bekas di bawah 100 juta. Harga mobil bekas di bawah 100 juta tersebut tentunya akan menjadi magnet tersendiri bagi orang-orang.

Beberapa tahun belakangan mobil LCGC dari semua pabrikan rata-rata laris dan menjadi pemuncak penjualan mobil menggantikan mobil MPV yang menjadi primadona di tahun 2000an ke atas sampai 2012 ketika mobil LCGC mulai diperkenalkan ke publik. Hadirnya mobil LCGC ini membawa angin segar karena secara tidak langsung membuat harga mobil bekas menjadi turun.

 

Dengan hadirnya mobil LCGC yang memiliki harga yang lebiih murah tentunya akan berdampak pada harga mobil bekas yang ada di pasaran. Dikarenakan penjualan mobil-mobil lainnya akan terpengaruh tentu harga mobil bekas di pasaran pun akan berpengaruh. Melihat dinamisnya pasar Indonesia dan banyaknya mobil yang dibeli setiap tahunnya maka harga mobil bekas di Indonesia pun juga cukup menarik untuk disimak. Dan jika ada mobil bekas di bawah 100 juta tentu akan banyak yang minat terhadap mobil-mobil tersebut apalagi kalau berasal dari merk yang sudah dikenal.

Harga mobil bekas di bawah 100 juta tentu memiliki peminatnya tersendiri, dan jika memang bisa menemukan mobil dengan kondisi yang masih prima tentu akan menjadi keuntungan tersendiri. Banyak mobil bekas di bawah 100 juta di Indonesia, salah satunya dari Honda.

 

 

 

Daftar Harga Mobil Honda Bekas di Bawah Rp 100 Juta

Tipe Bekas Mobil Honda

Tahun

Harga Mobil Bekas di Bawah 100 Juta 2018

Honda Accord 2.4 L V TI-L

2003

Rp88.000.000

Honda Accord Cielo VTEC

1995

Rp49.000.000

Honda Accord New 2.4

2006

Rp97.000.000

Honda Accord Maestro 2.0

1991

Rp38.000.000

Honda Brio E

2012

Rp80.000.000

Honda Brio S

2013

Rp85.000.000

Honda City Type Z VTEC

2001

Rp63.000.000

Honda City VTEC

2004

Rp78.000.000

New Honda City VTEC

2006

Rp90.000.000

Honda City i-DSI

2007

Rp94.000.000

Honda City VTEC

2007

Rp100.000.000

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

JK Kerahkan 2 Helikopter PMI Bantu Korban Gempa dan Tsunami di Sulteng

Posted: 29 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menginstruksikan agar dua unit Helikopter dikerahkan ke lokasi bencana gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Helikopter tipe Bolcow BO-105 itu akan diberangkatkan dari Hanggar Bukit Baruga, Makassar.

Nantinya, helikopter tersebut digunakan untuk men-dropping makanan dan obat-obatan, serta tim medis di medan yang sulit dijangkau moda transportasi darat dan laut.

"Berdasarkan pengalaman gempa dan tsunami di Kepulauan Mentawai Sumbar, Oktober 2010 lalu, Helikopter ini sangat bermanfaat digunakan para relawan dalam menyalurkan bantuan dan mengangkut korban yang membutuhkan pertolongan medis dalam waktu cepat," ucap JK dalam keterangannya, Minggu (30/9/2018).

Gempa Donggala dan tsunami yang menerjang kawasan Palu Sulawesi Tengah telah menewaskan ratusan orang. Puluhan jenazah tersebut kini telah berhasil diidentifikasi.

"Korban gempa dan tsunami di Kota Palu terus bertambah. RS Bhayangkara Palu saat ini jumlah 261, dan masih terus bertambah. Kemarin sudah diidentifikasi 87 jenazah oleh Tim DVI Polri. Proses identifikasi terus dilaksanakan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrohon dalam akun twitternya, yang dikutip Liputan6.com.

 

Evakuasi

Sementara itu, proses evakuasi para korban di Hotel Roa-Roa masih terus berlangsung. Basarnas memperkirakan ada puluhan orang yang tertimbun dalam bangunan tersebut.

"Evakuasi korban tertimbun gempa di Hotel Roa-Roa Kota Palu terus dilakukan Tim SAR Gabungan dikoordinir Basarnas. Diperkiran terdapat 50 orang di bawah reruntuhan bangunan. Alat berat diperlukan untuk evakuasi," tulis Sutopo.

Hotel Roa-Roa yang terletak di Jalan Pattimura itu berlantai delapan. Bangunan itu rata dengan tanah. Hotel yang memiliki 80 kamar itu terdapat 76 kamar yang terisi oleh tamu hotel yang menginap.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Waspada, Kurang Tidur Bikin Nafsu Makan Meningkat Drastis

Posted: 29 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kualitas tidur yang baik memang akan menambah energi untuk melakukan aktiftas keesokan harinya. Namun, tidak semua orang bisa mempunyai jam tidur yang baik lo.

Padahal jika kurang tidur, tentu kamu akan merasa lemas, malas dan tak semangat. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuatmu selalu merasa lapar. 

Para peneliti di Kings College London menemukan bahwa kurang tidur bisa memicu rasa lapar yang berlebih. Tidur selama 5 jam atau kurang dalam sehari sangat memungkinkan seseorang konsumsi kalori berlebih setiap harinya. Semakin banyak waktu seseorang untuk terjaga, besar kemungkinan baginya untuk terus merasa lapar dan ingin makan.

Sebuah penelitian lain menunjukKan orang yang tidur kurang dari 7 jam sehari cenderung lebih mudah mengalami kegemukan. Hal ini terjadi karena kurang tidur dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh yang akan memengaruhi nafsu makan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Bisa alami kegemukan

Ilustrasi makanan sehat. (medicalxpress.com)

Jika terus-menerus terjadi, kamu akan berisiko mengalami kegemukan. Tidur yang cukup memang sangat penting untuk kesehatan. Usahakan untuk tidur tujuh hingga delapan jam dalam sehari demi tubuh yang sehat dan bebas dari risiko kegemukan.

Jadi, coba atur jam tidurmu ya agar kamu tidak mengalami masalah rasa lapar berlebihan.

Reporter:

Ivana Okta Riyani

Sumber: Vemale.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hadapi Tsunami? Ketahui Beberapa Hal Ini untuk Selamatkan Diri

Posted: 29 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala menjadi pelajaran untuk masyarakat tentang pentingnya siaga bencana. Mengutip dari laman bnpb.go.id pada Minggu (30/9/2018), untuk menghadapi tsunami, ada beberapa hal yang harus masyarakat ketahui.

Sebelum bencana, pastikan sudah ada pembangunan sistem peringatan dini tsunami. Masyarakat lokal, khususnya yang tinggal di pinggir pantai harus tahu mengenai tsunami. Selain itu, sosialisasi tentang cara-cara penyelamatan diri dari bahayanya juga harus dilakukan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, umumnya, tsunami di Indonesia didahului dengan gempa bumi besar dan susut laut. Selain itu, terdapat selang waktu antara waktu terjadinya gempa sebagai sumber tsunami dengan waktu tiba ombak besar di pantai.

Gelombang air laut bisa datang secara mendadak dan berulang dengan energi yang sangat kuat. Di Indonesia sendiri, tsunami terjadi dalam waktu kurang dari 40 menit setelah gempa bumi besar di bawah laut.

Masyarakat pun diimbau untuk secepatnya melaporkan kepada petugas, apabila mengetahui tanda-tanda akan terjadinya tsunami.

Setelah bencana, beberapa hal yang harus dilakukan menurut BNPB adalah pembangunan tempat evakuasi di sekitar daerah pemukiman, pembangunan tembok penahan tsunami, dan penanaman mangrove di garis pantai yang berisiko tsunami.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Bertahan Hidup dari Tsunami

Orang-orang berjalan melewati mayat (penutup biru) setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Mengutip laman American Red Cross, ada beberapa hal yang harus Anda ikuti untuk menjauhkan diri dari tsunami.

Untuk melarikan diri dari bencana tersebut, pergilah setinggi-tingginya dan sejauh-jauhnya yang Anda bisa dari laut. Idealnya ke titik 100 kaki di atas permukaan laut, atau 2 mil (3,2 kilometer) jauhnya.

Selain itu, ingatlah bahwa setiap jejak langkah Anda menuju ke permukaan yang lebih tinggi bisa membuat perbedaan dalam hidup.

Semakin jelas Anda melihat gelombang ombaknya, yang dalam hal ini semakin jauh Anda darinya, ini berarti semakin dekat dengan keselamatan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

103 Teknisi Andalan PLN Sulselrabar Terjun ke Lokasi Gempa Bumi Palu

Posted: 29 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Hampir sama yang dilakukan instansi lainnya di Sulsel, PT. PLN (Persero) Sulselrabar juga tak ingin ketinggalan dalam berpartisipasi membantu korban bencana alam gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut mengirim 103 orang teknisi andalannya untuk mempercepat pemulihan jaringan listrik di daerah tersebut pasca gempa bumi dan tsunami terjadi. Tepatnya sejak Jumat 28 September 2018.

"Para teknisi yang kami turunkan ke lokasi gempa bumi di Palu memiliki kompetensi sebagai teknisi pemeliharaan jaringan listrik tegangan rendah dan menengah," kata General Manager PT PLN Sulselrabar, Bambang Yusuf, Sabtu (29/9/2018).

Selain itu, pihaknya juga tak lupa mengikut sertakan tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB).

"Tim tanggap darurat tersebut akan bergabung dengan personel dari PLN Wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo. Serta dengan PLN Pembangkitan Penyaluran Sulawesi," terang Bambang.

Sesuai dengan agenda yang ada, tim perbantuan tersebut, ucap Bambang, akan beroperasi di Palu selama lima hari. Namun waktunya dapat ditambah ketika tenaganya dianggap masih diperlukan nantinya.

"Dalam beroperasi di lokasi bencana, mereka difasilitasi 1 unit mobil PDKB, 4 unit mobil crane, 13 mobil kru dan peralatan material, serta 16 unit genset dengan total 228,8 KVA," ujar Bambang.

Dengan keberadaan tim tanggap darurat yang diutus ke daerah dampak bencana gempa bumi dan tsunami di Palu tersebut, diharapkan jaringan listrik di Kota Palu secara keseluruhan dapat segera pulih.

"Prioritas tim tanggap bencana gempa bumi Palu ini untuk pemulihan kelistrikan di sejumlah layanan publik. Mencakup di dalamnya adalah rumah sakit, tempat penampungan pengungsi, dan instalasi air bersih. Kami harap semuanya cepat kembali pulih," kata Bambang.

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Klasemen Liga Inggris, Manchester City Kudeta Liverpool dari Puncak

Posted: 29 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Manchester City merebut puncak klasemen sementara Liga Inggris 2018-2019 dari Liverpool setelah menang 2 -0 atas Brighton Hove & Albion, Sabtu (29/9/2018) di Etihad Stadium.

Liverpool sendiri harus puas berbagi angka dengan tuan rumah Chelsea usai bermain imbang 1-1. Manchester City dan Liverpool sama-sama mengoleksi 19 poin dari tujuh pertandingan.

Manchester City memuncaki klasemen Liga Inggris karena punya selisih gol lebih baik dari The Reds. The Citizens memasukkan 21 gol dan baru tiga kali kebobolan.

Sementara pasukan Jurgen Klopp memasukkan 15 gol dan kemasukan tiga gol. Di posisi ketiga ada Chelsea, yang sudah mendulang 17 poin di klasemen Liga Inggris.

Di peringkat keempat terdapat Tottenham Hotspur, yang meraup 15 poin. Jumlah poin yang sama dikoleksi Arsenal di klasemen kasta tertinggi Inggris tersebut.

Newcastle United, Cardiff City, dan Huddersfield Town menempati tiga posisi terbawah. Ketiga klub itu baru mengumpulkan dua poin dari tujuh pertandingan.

Klasemen Liga Inggris

Para pemain Liverpool merayakan gol. (AFP/Glyn Kirk)

Klasemen Liga Inggris

No | Klub | Main |  Selisih Gol  | Poin

1. Manchester City 7 21:3 19 Poin

2. Liverpool 7 15:3 19 Poin

3. Chelsea 7 15:5 17

4. Tottenham 7 14:7 15

5. Arsenal 7 14:9 15

6. Watford 7 11:8 13

7. Leicester 7 13:10 12

8. Wolves 7 8:6 12

9. Bournemouth 6 10:11 10

10. Manchester United 7 10:12 10

11. Everton 7 11:11 9

12. Crystal Palace 6 4:6 7

13. West Ham 7 8:12 7

14. Brighton 7 8:13 5

15. Southampton 7 6:11 5

16. Fulham 7 8:16 5

17. Burnley 6 7:10 4

18. Newcastle Utd 7 4:10 2

19. Cardiff 6 3:14 2

20. Huddersfield 7 3:16 2

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jajal Olahraga Trail Running, Rikas Harsa Belajar dari Profesional

Posted: 29 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presenter Rikas Harsa baru-baru ini menjajal olahraga baru. Rikas Harsa tengah menggeluti olahraga lari di trek pegunungan atau yang dikenal dengan trail running.

Dalam mempelajari olahraga ini, Rikas Harsa belajar langsung pada ahlinya, yaitu Vlad Ixel yang merupakan atlet profesional dari The North Face. Sebelumnya, Rikas Harsa diketahui memang gemar dan terbiasa mendaki gunung.

Namun kali ini ia tak hanya sekadar mendaki, tetapi juga berlari. Untuk itu, Rikas Harsa mengaku sedikit kesulitan.

"Jadi gua belum pernah ngerasain yang namanya trail running. Sejauh ini yang gua lakuin seperti orang-orang pada umumnya cuma jogging, running aja yang jaraknya cuma 5 km sampai 10 km," ujar Rikas Harsa saat ditemui di The North Face Stor Mall Grand Indonesia, Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (28/9/2018).

 

Fisik

Rikas Harsa dan Vlad Ixel.

Sebagai atlet profesional, Vlad Ixel pun tak sungkan berbagi tips apa saja yang harus dipersiapkan. Mulai dari persiapan fisik dan alat-alat pendukung trail running.

"Untuk memulai olahraga ini sih gua mungkin akan mulai latihan fisik ya, untuk awal-awal gua akan coba running lebih jauh dari biasanya, pelan-pelan sih," ujar Rikas Harsa.

"Jadi kalau kamu mau trail running yang harus disiapin itu kita harus bawa air, jaket, emergency blanket, snack karena kita harus makan setiap satu jam nya sebanyak 200 kalori dan sarung tangan," jelas Vlad Ixel kepada Rikas Harsa.

 

Sepatu Khusus

Rikas Harsa dan Vlad Ixel.

Selain dari kesiapan fisik, peralatan juga sangat dibutuhkan demi mendukung olahraga ini. Vlad mengatakan kepada Rikas Harsa bahwa sepatu yang digunakan untuk trail running sangatlah berbeda dengan sepatu pada umumnya.

"Secara bahan itu trail running akan lebih kuat, karena akan menginjak batu-batu keras. Kalau kita pakai sepatu biasa support ke kakinya enggak akan maksimal. Jadi, ya memang yang terbaik pakai sepatu trail running," terang Vlad.

Untuk diketahui, Rikas Harsa merupakan presenter sebuah program traveling di salah satu stasiun tv Indonesia. Rikas Harsa biasa mendaki pegunungan dalam setiap episode programnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Ada Ruangan untuk Caleg Stres di RS Ini

Posted: 29 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Memasuki tahun politik dan masa kampanye pemilihan legislatif, Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor sediakan 7 kamar khusus pasien kejiwaan bagi caleg yang mengalami stres.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenalan dengan Bakuchiol, Kandungan Produk Perawatan Kulit Lawan Tanda Penuaan

Posted: 29 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Melakukan perawatan kulit adalah hal yang wajib dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersiha kulit. Retinol menjadi salah satu kandungan produk perawatan yang cukup populer. Beberapa artis kelas dunia menggunakan retinol untuk mengatasi garis halus dan kerutan.

Namun pernahkah Anda mendengar bakuchiol sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit? Dikutip dari Purewow pada Jumat (28/9/2018) bakuchiol berasal dari tanaman Babchi atau dalam bahasa latin disebut Psoralea Corylifolia. Secara tradisonal, tanaman ini digunakan untuk berbagai jenis perawatan kulit dalam pengobatan Ayurvedic dan Cina.

 

Lebih baik dari retinol?

Simak di sini beberapa hal mengejutkan yang seringkali dapat membuat Anda mengalami penuaan dini. (iStockphoto)

Penelitian pun membandingkan retinol dan bakucihiol dalam produk perawatan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kandungan mana yang lebih efektif untuk mengurangi perluasan kerut dan hiper pigmentasi pada kulit.

Hasilnya, bakuchiol lebih baik ditoleransi pada kulit dari retinol. Cara kerja bakuchiol dan retinol sebenarnya sama. Namun Bakuchiol bekerja lebih lembut pada kulit.

 

Sudah banyak dalam produk perawatan kulit

Berikut trik ampuh yang perlu dilakukan untuk menunda penuaan diri meski usia Anda terus bertambah. (Foto: iStockphoto)

Bakuchiol juga memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang membantu mencerahkan kulit dan menenangkan peradangan. Tak heran kini banyak produsen produk perawatan kulit yang menyertakan tanaman Babchi sebagai bagian dari kandungan produk.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Menit Krusial Penentu Posisi Balap Dimas Ekky Pratama

Posted: 29 Sep 2018 09:54 PM PDT

Liputan6.com, Jerez Dimas Ekky Pratama tengah berkompetisi di CEV Moto2 European Championship. Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) ini mengungkapkan kompetisi dimulai sebelum lomba.

Setelah melakukan latihan bebas pada hari Jumat (28/9), kompetisi mulai terjadi di sesi kualifikasi. Di masa inilah penentuan posisi start terjadi. Ada dua sesi kualifikasi yang diberikan. Sesi pertama berlangsung lebih pagi dan berikutnya setelah istirahat di siang hari sesuai jadwal dari panitia.

Di sini tidak saja pembalap menggeber motor habis-habisan, tapi ada taktik yang diterapkan. "Ada 7 pasang ban yang diperbolehkan dipakai dalam satu balapan," ujar DImas kepada Liputan6.com di Sirkuit Jerez ((29/9). Semua harus diatur pemakaiannya sesuai strategi yang diterapkan tim.

"Biasanya kita menyisakan 3 ban untuk kualifikasi dan balap," tambah Dimas.

Selanjutnya, kualifikasi pagi dan siang pun punya tujuan yang berbeda. "Kalau pagi hari, ban lebih nge-grip. Jadi kita attact di sana," jelas pembalap berusia 25 tahun ini.

Suhu lintasan yang masih relatif rendah membuat kecepatan pembalap akan lebih baik melintasi sirkuit. Tak heran seperti yang diraih kualifikasi kemarin, hasilnya lebih baik. Dimas Ekky mencatatkan waktu 1:43,946. Sementara kualifikasi ke-2 catatannya 1:44,569.

 

Simulasi Balap yang Paling Mendekati

Dimas Ekky Pratama mengikuti sesi kualifikasi di Sirkuit Jerez.

Tidak selama 45 menit sesi kualifikasi motor digeber habis. "Biasanya 5 menit terakhir sesi, kita attack untuk mendapatkan yang terbaik," jelas pria asal Depok, Jawa Barat.

Berbeda lagi dengan kualifikasi ke-2 yang kondisi trek semakin panas. Hasil tak bisa lebih cepat, tapi justru di sesi ini simulasi balap yang paling mendekati. "Kualifikasi 2 jadi simulasi race. Suhu lebih panas dan mendekati waktu yang sama dengan balapan di hari berikutnya," jelas Dimas.

Di sesi inilah setingan mesin dan ban dibuat untuk menghadapi balapan sesungguhnya. Semua dilakukan yang terbaik untuk mendapat kombinasi kecepatan terbaik untuk menentukan posisi start. 5 menit terakhir kualifikasi menjadi masa krusial bagi seorang pembalap.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pasca Gempa, Pertamina Dirikan Posko Sementara Di DPPU Palu dan TBBM Donggala

Posted: 29 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta PT Pertamina (Persero) mendirikan Posko sementara penanganan korban gempa di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah. Sabtu (29/9) kemarin, dua posko dirikan di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Palu dan di Terminal BBM (TBBM) Donggala.

Unit Manager Communication & CSR Marketing Operation Region ( MOR) VII, M. Roby Hervindo menegaskan posko tersebut sebagai salah satu bentuk reaksi cepat tanggap darurat Pertamina untuk penanganan korban serta distribusi energi.

"Selain dua posko tersebut, Pertamina sedang mengupayakan satu posko lagi di Kota Palu bekerja sama dengan Hiswana Migas DPC Sulteng," jelas Roby.

Pertamina juga mengirimkan bantuan logistik dan obat-obatan ke Donggala. Untuk mempercepat penyaluran, bantuan dikirim dengan mengerahkan beberapa tim dari titik lokasi pemberangkatan di sekitar Pulau Sulawesi.

Tim 1 dari Makassar, Sulawesi Selatan berangkat siang ini dengan kapal perang TNI AL dari pelabuhan Lantamal. Tim yang terdiri dari 7 orang tersebut meliputi pekerja, tenaga medis, welder dan helper.

Tim kesehatan yang diketuai dr. Jeane nantinya akan fokus pada penanganan korban serta pengobatan para pengungsi pasca gempa.

"Kami sangat berduka dan terpanggil untuk segera membantu saudara kita yang ada di Donggala, karena mereja sangat membutuhkan bantuan sekecil apapun. Penanganan medis nantinya akan kami dahulukan untuk korban anak-anak dan lansia di sana," kata Jeane.

Tim tersebut selain membawa obat-obatan juga membawa bantuan logistik dasar seperti tenda posko, genset, air bersih, makanan, webbing sling, chainblock, kompor dan tabung elpiji.

Sementara Tim 2 dari Makassar akan berangkat malam ini melalui jalan darat. Tim ini akan membuka akses komunikasi yang saat ini masih terputus dengan membawa peralatan komunikasi serta melayani kebutuhan dasar masyarakat.

Pertamina juga akan memberangkatkan tim relawan dari Palopo menggunakan 2 truk terdiri dari 8 orang. Tim ini akan membawa terpal, tenda, genset, mukena, handuk, kain panjang, sarung, selimut dan tikar.

Selanjutnya tim relawan Gorontalo berangkat 5 orang yang akan membawa genset dan chainblock.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tiga Laga Tidak Menang, Messi Minta Barcelona Tak Panik

Posted: 29 Sep 2018 09:50 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Mega bintang Barcelona, Lionel Messi, tak ingin rekan-rekannya panik menyusul hasil buruk pada tiga laga terakhir. Menurut Messi, masih ada waktu untuk memperbaiki tim karena saat ini masih awal musim.

Barcelona kembali gagal meraih poin penuh di La Liga Spanyol musim 2018/19. Barca ditahan imbang 1-1 saat menghadapi Athletic Bilbao di Camp Nou, Sabtu (29/9/2018) malam WIB. Gol Munir El Hadadi di menitke- 84 menyelamatkan Barca dari kekalahan.

Hasil imbang melawan Bilbao membuat Barca gagal mendapatkan kemenangan di tiga laga beruntun La Liga Spanyol. Di dua laga sebelumnya, Barcelona bermain imbang 1-1 melawan Girona dan kalah 1-2 di markas Leganes.

Tiga laga beruntun gagal menang tentu saja jadi hasil buruk untuk Barcelona. Tapi, Messi menolak untuk panik. Pemain 30 tahun tetap merasa tenang karena Barca menurutnya selalu bermain bagus setiap laga.

Tidak Perlu Panik

Barcelona bermain imbang 1-1 melawan Athletic Bilbao di Camp Nou. AP Photo/Manu Fernandez)

Laga melawan Athletic Bilbao adalah laga ketujuh La Liga Spanyol yang dijalani Barcelona. Dari tujuh laga, tim arahan Ernesto Valverde tersebut baru mampu meraih 14 poin dari jumlah poin maksimal yang bisa didapatkan 21.

Meski mendapat hasil yang tak maksimal, Messi tidak ingin Barcelona merasa cemas. "Tidak perlu ada kepanikan dalam tim ini. Saat ini baru awal musim," ucap Messi dikutip dari FourFourTwo.

"Hanya saja, kami merasa marah dengan dua hasil pertandingan terakhir kami [lawan Girona dan Leganes]. Kami bermain bagus di babak pertama lawan Legenas dan kami kali. Kami mengkerasi kondisi yang harusnya bisa menang," sambungnya.

Bertahan Lebih Baik

Berkaca pada tiga laga terakhir, Messi menilai ada dua aspek yang harus dibenahi Barca. Salah satunya, La Pulga ingin Barca bertahan lebih baik lagi karena sejauh ini telah kebobolan delapan gol dari tujuh laga.

"Kami menyadari betul bahwa kami harus lebih tangguh lagi dalam membangun lini pertahanan dan tidak kebobolan di semua pertandingan," ulas pemain asal Argentina tersebut.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Takut Tsunami, Warga di Perbatasan dengan Donggala Mengungsi ke Bukit

Posted: 29 Sep 2018 09:49 PM PDT

Patroli, Kab. Pasangkayu - Khawatir menjadi korban tsunami, ratusan warga dua kecamatan di Kabupaten Pasangkayu, yang berbatasan dengan pusat gempa di Donggala, mengungsi ke dataran tinggi perbukitan. Di sana, mereka mendirikan tenda dan peralatan masak seadanya.

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (30/9/2018), membawa pakaian dan peralatan seadanya, termasuk untuk masak, ratusan warga Kecamatan Bambala-Motu dan Pasang Kayu Sulawesi Barat, memilih mengungsi ke dataran tinggi perbukitan, karena merasa takut akan kabar gempa di Donggala yang disusul dengan bencana tsunami.

Di tempat darurat tersebut, mereka mendirikan tenda seadanya dan bergantian berjaga untuk perlindungan mereka sekeluarga dari segala bentuk ancaman dan gangguan. Di antara mereka, dilaporkan sudah ada yang sakit karena tidak kuat hidup di alam terbuka dan tak bersih, terutama para lansia dan anak-anak yang diajak serta mengungsi ke tempat itu.

Hingga Sabtu sore, 29 September kemarin, warga mengaku, keberadaan mereka belum mendapat perhatian pemerintah setempat yang masih fokus menangani korban gempa dan tsunami di lokasi bencana. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kalah dari West Ham, Mourinho: Mental MU Rapuh

Posted: 29 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, London - Manchester United (MU) harus mengakui keunggulan tuan rumah West Ham United 1-3 dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris, Sabtu (29/9/2018). Pelatih MU, Jose Mourinho, menyebut mental timnya rapuh.

Kekalahan di London Stadium memperpanjang rekor tidak pernah menang MU dalam tiga laga terakhir. Sebelumnya, The Red Devils harus puas bermain imbang dengan Wolverhampton di Liga Inggris dan kalah adu penalti Derby County di Piala Liga Inggris.

Mourinho kecewa dengan hasil itu dan menganggap kekalahan dari Derby County masih memengaruhi MU. Menurut pelatih berpaspor Portugal itu, mental timnya bermasalah.

"Saya mengeluhkan kualitas dan pendekatan mental yang ditunjukkan tim. Anda seharusnya terus mencoba karena itu adalah sikap seorang profesional," jelas Mourinho, seperti dilansir Sky Sport.

"Kami tim yang datang dengan mental rapuh usai kekalahan dari Derby," papar mantan pelatih Inter Milan tersebut.

Tidak Harmonis

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, di antara pemain-pemain West Ham United. (AP Photo/Tim Ireland)

Situasi ruang ganti MU juga dikabarkan tengah tidak harmonis. Mourinho disebut-sebut terlibat perseteruan dengan sejumlah pemain seperti, Paul Pogba, Anthony Martial, Alexis Sanchez, dan Victor Lindelof.

Kekalahan itu membuat MU sekarang anjlok ke peringkat ke-10 klasemen sementara Liga Inggris. The Red Devils baru mengoleksi 10 poin dari tujuh pertandingan.

Kritik Pogba

Selain itu, Mourinho juga ingin Paul Pogba menjadi inspirasi tim untuk laga-laga lainnya. Pogba hanya tampil selama 70 menit pada laga melawan West Ham United. Ia ditarik keluar dan digantikan oleh Fred. 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Batik Air Ucapkan Belasungkawa ke Petugas Airnav yang Gugur Saat Bertugas

Posted: 29 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Batik Air, maskapai penerangan nasional di bawah bendera Lion Air Group dan mengucapkan turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas kejadian bencana alam yang melanda di Kota Palu, Kabupaten Donggala dan Sulawesi Tengah, pada Jumat 28 September 2018. 

Batik Air mennyampaikan turut bela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Anthonius Gunawan Agung, salah satu petugas Air Traffic Controller (ATC) AirNav Indonesia Cabang Palu ketika bertugas dalam mengatur layanan navigasi penerbangan.

Batik Air juga sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas tanggungjawab, dedikasinya bahwa saat gempa terjadi, Anthonius Gunawan Agung," jelas Chief Executive Officer (CEO) Batik Air, Capt Achmad Luthfie, dalam keterangan tertulis, Minggu (30/9/2018). 

Anthonius Gunawan Agung telah memberikan komando berupa perizinan untuk terbang (clearance) kepada pilot Batik Air bernomor ID-6231 untuk lepas landas hingga menunggu pesawat Airbus A320-200 mengudara tetap sesuai standar operasi prosedur.

Untuk diketahui, Anthonius Gunawan Agung meninggal dunia sesaat setelah menjalankan tugasnya saat gempa di Palu, Sulawesi Tengah. Saat gempa menggoyang Palu, Anthonius tengah berada di menara kontrol Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu untuk memastikan Batik Air terbang dengan selamat. Namun, tiba-tiba atap ambruk akibat gempa dan Anthonius langsung lompat dari menara.

Luthfie mengatakan, Batik Air ID-6231 berangkat dari Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufri Palu (PLW) pukul 17.55 WITA sesuai jadwal dan mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (UPG) pukul 19.00 WITA  pada 28 September.

Dalam penerbangan ID-6231, Batik Air menerbangkan tujuh kru pesawat dan 148 penumpang. 

Petugas Airnav Palu Meninggal Usai Pastikan Pesawat Selamat Saat Gempa

Petugas bandara Palu yang tewas saat gempa (foto: twitter AirNav)

Sebelumnya, Seorang petugas pelayanan navigasi penerbangan bernama Anthonius Gunawan Agung meninggal dunia sesaat setelah menjalankan tugasnya saat gempa di Palu, Sulawesi Tengah.

Saat gempa menggoyang Palu, Anthonius tengah berada di menara kontrol Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu untuk memastikan Batik Air terbang dengan selamat. Namun, tiba-tiba atap ambruk akibat gempa dan Anthonius langsung lompat dari menara.

 

Peristiwa ini dikabarkan oleh pengamat penerbangan dan investigator swasta khusus kasus-kasus kecelakaan pesawat, Gerry Soejatman dalam akun twitternya. Dalam akun twitternya, Gerry menulis bahwa Anthonius adalah seorang petugas ATC yang melompat dari menara saat gempa bumi mengguncang Palu setelah dia memastikan Batik Air terbang dengan selamat.

Namun, beberapa saat kemudian, akun twitter resmi AirNav mengabarkan bahwa Anthonius telah meninggal dunia.

Dalam keterangannya, AirNav mengatakan, jika Anthonius merupakan ATC yang tengah dalam tugas pada Tower ATC Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu, pada saat terjadi guncangan gempa dengan magnitudo 7,4 yang berpusat di Kabupaten Donggala pada Jumat 28 September 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Oppo F9 Hadir dengan Warna Color of The Year 2018. Penasaran?

Posted: 29 Sep 2018 09:37 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pantone Color Institute telah menobatkan ultra violet menjadi Color of The Year 2018. Warna ini dianggap mampu memberikan kesan unik, menonjol, modern, dan mewah. Selain itu, warna ultra violet juga memiliki makna yang cukup dalam.

"Ultra Violet mengomunikasikan orisinalitas, kecerdikan, dan pemikiran visioner yang mengarahkan kita menuju masa depan," ujar Direktur Eksekutif Pantone, Leatrice Eiseman.

Sementara itu, Wakil Presiden Pantone Color Institute, Laurie Pressman, mengatakan bahwa saat ini masyarakat lebih terpesona dengan warna dan menyadari kemampuannya untuk menyampaikan makna yang dalam. Karena itu, para pelaku bisnis pun perlu memperhatikan hal ini.

"Desainer dan brand harus merasa berdaya dalam menggunakan berwarna untuk menginspirasi dan mempengaruhi," ucapnya.

Karena itu, tak mengherankan bila industri-industri bisnis kini memilih ultra violet sebagai warna untuk koleksi utama. Berbagai industri desain grafis, fesyen, kecantikan, dekorasi rumah, dan ponsel berlomba-lomba mengeluarkan koleksi  dengan warna ini.

Mereka ingin menyasar generasi milenial yang menyukai warna-warna unik saat memilih produk makeup dan fesyen. Salah satu merek yang menggunakan ultra violet untuk koleksi utamanya adalah Oppo. Mereka baru-baru ini mengeluarkan seri terbarunya Oppo F9 Starry Purple.

Warna tersebut bagaikan langit malam yang penuh dengan bintang-bintang. Menurut Leatrice Eiseman, unsur alam memang jadi salah satu inspirasi pemilihan ultra violet sebagai Color of The Year 2018.

"Langit malam yang luas dan tak terbatas itu merupakan simbol dari apa yang mungkin dan terus mengilhami keinginan untuk mengejar dunia di luar jangkauan kita sendiri," kata dia.

 

Jonatan Christie dan OPPO F9 Starry Purple yang dilengkapi fitur VOOC flash charging.

Filosofi tersebut yang mendasari Oppo memilih desain tersebut untuk seri terbarunya. Menariknya, Oppo menggunakan teknik pengecatan gradient spraying technology yang belum pernah digunakan di industri smartphone sebelumnya.

Proses pengecatan ini dilakukan bersamaan di mana lapisan dasar menggunakan teknik optical coating yang memberikan efek bintang bercahaya. Selanjutnya, lapisan cat di atasnya memberikan efek gradasi warna dari ungu gelap menjadi lebih terang.

Uniknya, efek gradasi warna ini tidak hanya terlihat pada bagian penampang belakang, tetapi juga pada bagian tepi bingkainya. Menjadikan ponsel ini cocok untuk generasi milenial yang suka fesyen dan teknologi modern.

Dalam segi kemampuan, Oppo F9 yang dilengkapi fitur VOOC flash charging. Hanya dengan mengisi daya lima menit, ponsel sudah bisa dipakai untuk telepon selama dua jam. Pengisiannya empat kali lebih cepat daripada menggunakan charger biasa, sehingga ponsel Anda akan terlepas dari kabel charger lebih cepat.

Apabila Anda mengisi dayanya lebih lama, tentu Oppo F9 dapat digunakan lebih lama. Apabila Anda mengisi dayanya hingga 25 menit, smartphone dapat digunakan untuk menonton video atau film selama empat jam.

Tenang saja, meski dapat mengisi daya lebih cepat, teknologi VOOC flash charging tersebut tidak memerlukan tegangan listrik tinggi. Jadi, Anda tak perlu khawatir harus merogoh kocek terlalu dalam  untuk membayar listrik.

Nah, kalau Anda menginginkan ponsel dengan warna kekinian dan teknologi mutakhir, segera buktikan sendiri kehebatan Oppo F9! OPPO F9 Starry Purple kini sudah bisa Anda dapatkan melalui OPPO Store, Modern Channel, dan E-Commerce terpilih.

Selain Starry Purple, Oppo F9 juga tersedia dalam warna Sunrise Red dan Twilight Blue. Tersedia dalam piliah RAM 4GB dan 6GB, OPPO telah memulai penjualan perangkat ini secara luas pada 20 September 2018 dengan harga Rp4.299.000 (4GB) dan Rp4.999.000 (6GB).

Tertarik mencoba?

 

 

(ADV)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Para Santri Jalan Sehat Gunakan Sarung di Monas

Posted: 29 Sep 2018 09:36 PM PDT

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melepas peserta jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). Kegiatan ini diikuti ratusan santri yang semuanya menggunakan sarung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar melepas peserta jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). Kegiatan ini diikuti ratusan santri yang semuanya menggunakan sarung. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Para santri mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). Jalan sehat tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22Oktober mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Para santri mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). Jalan sehat tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22Oktober mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menristek Dikti M Nasir, dan Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, Menristek Dikti M Nasir, dan Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Para santri mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). Jalan sehat tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22Oktober mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Para santri mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). Jalan sehat tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Santri yang jatuh pada 22Oktober mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, dan Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo berfoto bersama disela mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar bersama Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri, dan Menteri PDT Eko Putro Sanjoyo berfoto bersama disela mengikuti jalan sehat sarungan di kawasan Monas, Jakarta, Minggu (30/9). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

MU Dihajar West Ham, Arnautovic Tidak Merasa Kasihan pada Mourinho

Posted: 29 Sep 2018 09:35 PM PDT

Liputan6.com, London - Penyerang West Ham United, Marko Arnautovic, tak merasa perlu mengasihani manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho. Sebab, dia berada di kubu yang berbeda dengan Mourinho. Arnautovic hanya fokus pada West Ham.

Posisi Mourinho sebagai manejer MU kini sedang terancam. Sebab, performa Setan Merah di awal musim 2018/19 jauh dari kata baik.

MU berada di papan atas Liga Inggris dan baru saja tersingkir dari Carabao Cup. Paling aktual, Paul Pogba dan kolega baru saja kalah dari West Ham, Sabtu (29/9/2018) malam WIB.

Setan Merah kalah dengan skor 1-3 dalam laga di markas West Ham. Ini merupakan kekalahan ketiga United di Liga Inggris.

Satu dari tiga gol West Ham ke gawang MU dicetak oleh Arnautovic. Sementara, dua gol lainnya hasil kreasi Felipe Anderson dan gol bunuh diri Vicktor Lindelof. Sementara, gol hiburan untuk MU dicetak oleh Marcus Rashford.

Tak Perlu Kasihan

Manajer Manchester United (MU) Jose Mourinho. (AP Photo/Tim Ireland)

Dengan kekalahan atas West Ham, Mourinho kini berada dalam tekanan. Bukan hanya karena performa United yang tak kunjung membaik, tapi juga hubungannya dengan beberapa pemain yang dikabarkan sedang panas. Salah satunya dengan Paul Pogba.

Tapi, Arnautovic tak perlu merasa kasihan dengan Mourinho. Meskipun, pada awal musim 2018/19 lalu, manajer asal Portugal tersebut sempat mengontak Arnautovic untuk mengajaknya bergabung dengan United.

"Tidak, tidak ada yang perlu dikatakan. Saya hanya melihat apa yang terjadi pada tim saya. Kami hanya mencoba untuk memenangkan pertandingan. Apa yang terjadi di klub lain, itu masalah mereka," ucap Arnautovic.

Pujian dari Pelatih

Arnautovic tampil sangat bagus saat West Ham menang atas United. Padahal, pemain asal Austria tersebut baru saja sembuh dari cedera yang membuatnya absen lawan Arsenal pekan lalu. Arnautovic pun dapat pujian dari pelatih Manuel Pellegrini.

"Arnautovic tak punya banyak waktu untuk latihan. Kami tahu dia masih cedera. Tapi, dengan apa yang dia lakukan pada hari ini. Dia berlari dan menunjukkan jika dia bekerja untuk tim," puji Pellegrini.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Prabowo Subianto Temui Ulama Kharismatik di Tegal

Posted: 29 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan menemui para tokoh alim ulama di Kota Tegal, Jawa Tengah. Kunjungan ini dimaksudkan Prabowo sebagai rangka sowan dan meminta restu.

"Sore ini Pak Prabowo akan ke Tegal untuk sowan dengan para kiai," kata Ketua DPP Partai Gerindra, Setyoko dalam keterangannya di Semarang, Minggu (30/9/2018).

Setyoko menjelaskan, Sowan adalah budaya Prabowo yang telah dilakukannya selama masih berdinas di militer. Rencananya, salah satu tokoh ulama yang dikunjungi mantan Danjen Kopassus itu nanti adalah KH Ahmad Saidi.

"Beliau adalah tokoh kharismatik di Tegal, yakni KH Ahmad Saidi. Kunjungan itu dalam rangka sowan atas perjuangan ke depan menghadapi Pilpres 2019," lanjut Setyoko.

Menurut jadwal yang diterima, Prabowo akan sampai di kediaman KH Ahmad Saidi pada pukul 14.30 WIB. Usai bersilaturahmi, Prabowo diagendakan langsung bertolak ke Jakarta.

"Jadi Setelah dari Tegal, Pak Prabowo akan kembali ke Jakarta," ujar dia.

Temui Pengrajin Batik

Sebelum ke Tegal, Prabowo berkampanye di Pekalongan, Jawa Tengah. Ia menyambangi para pengrajin dan penjual batik di kota tersebut.

"Pak Prabowo berkunjung ke sentra pengrajin batik di Pekalongan dan nantinya beliau juga akan bertemu dan menyapa langsung para penjual batik," kata Setyoko.

Menurut Prabowo, batik adalah budaya bangsa yang wajib dikelola. Karenanya, Prabowo ingin langsung mengetahui dan memahami apa saja yang menjadi kendala dalam proses produksi maupun pemasarannya.

Batik adalah budaya bangsa yang harus dikelola sehingga berdampak pada terbukanya lapangan pekerjaan dan peningkatan pendapatan rakyat.

"Pak Prabowo akan mengunjungi penenun, galeri batik, dan menyapa pedagang batik," tutup Setyoko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Selama Asian Para Games, Transjakarta Gratis pada Sabtu-Minggu

Posted: 29 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan Jakarta sepenuhnya mendukung Asian Para Games 2018. Salah satu bentuk dukungan itu adalah dalam hal transportasi.

"Pemprov siap dan akan fasilitasi, dari mulai transportasi, dukungan medis, termasuk untuk para penyandang disabilitas," kata Anies dalam sambutan kirab Obor Asian Para Games 2018 di Balaikota DKI, Minggu (30/9/2018).

"Hari Sabtu dan Minggu, silakan naik transjakarta gratis," kata Anies menambahkan.

Anies menambahkan dirinya ingin warga Jakarta juga mendukung Asian Para Games 2018. Orang nomor satu di Jakarta ingin warganya bukan hanya menonton pertandingan.

"Kita ingin bukan hanya menyaksikan, tetapi mengalami Asian Para Games 2018," ujarnya.

Lebih lanjut, Anies juga berharap terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah bisa mengkampanyekan perhatian kepada para penyandang disabilitas. Salah satunya adalah dengan membangun fasilitas yang ramah bagi mereka.

"Yang lebih penting kita harus memastikan saudara kita bisa memiliki kesempatan yang sama. Mari kita periksa sudahkah fasilitas di tempat kita untuk penyandang disabilitas. Ini adalah pesan penting dari Asian Para Games 2018," kata Anies.

 

Meriah

Asian Para games 2018

Di sisi lain, Anies juga menyinggung soal upacara pembukaan. Ia berharap upacara pembukaan Asian Para Games 2018, bisa semeriah pembukaan Asian Games 2018.

"Kita percaya, indonesia saat pembukaan bisa mempesona dunia," kata Anies.

Sementara itu, Ketua Inapgoc, Raja Sapta Oktohari menegaskan, timnya sudah siap menyelenggarakan Asian Para Games 2018. Raja Sapta pun bertekad menjadikan Asian Para Games 2018 sebagai yang terbaik, meskipun Indonesia tengah berduka setelah bencana alam di Sulawesi Tengah dan Lombok.

"Di antara kepedihan, kesedihan, kami dari Inapgoc bertekad, indonesia harus menjadi tuan rumah terbaik. Dalam rangkaian kegiatan kami, insyaallah kami gunakan momentum utk mengumpulkan dana bencana alam Lombok dan Sulteng. Kita doakan supaya yang di sana diberi kekuatan dan ketabahan," kata Raja Sapta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mahfud MD Buka Sekolah Pancasila dengan Doa untuk Palu dan Donggala

Posted: 29 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Mahfud MD mengajak kalangan muda peserta Sekolah Pancasila di Jakarta untuk mendoakan saudara-daudara yang terlanda bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, serta daerah terdampak lain di Sulawesi Tengah. Doa bersama pun digelar sebelum pelatihan soal Pancasila dan literasi digital.

"Salah satu ketidakpastian yang pasti adalah bencana dan kematian. Mari mendoakan saudara-saudara kita di Sulteng yang sedang dilanda bencana. Mari terus jaga solidaritas dan persatuan," kata Mahfud MD, di Auditorium Conclave, Jalan Wijaya, Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Lebih lanjut dia menekankan pentingnya kalangan muda menjaga persatuan demi kepentingan bersama. Indonesia sangat kaya, memiliki beragam kekayaan suku budaya, bisa maju jika semua bersatu.

"Jangan terkotak-kotak apa agamamu, apa sukumu, yang utama satu Indonesia, tetap Pancasila," ujarnya.

Mahfud menandaskan relevansi Pancasila sebagai dasar negara yang menjadi pegangan bersama. "Pancasila itu dasar negara bukan dasar agama. Kalau agama masing-masing," jelasnya

Dasar negara menjadi hal penting terutama di era perubahan begitu cepat. Dia menjelaskan, dalam waktu 50 tahun terakhir, tren generasi berubah cepat. Perkembangan teknologi begitu cepat seiring kemajuan teknologi. Lalu, di mana Pancasila?

"Pancasila itu memberi hati, memberi rasa. Sampai kapan pun kita bangsa Indonesia adalah warga ber-Tuhan, yang menjunjung kemanusiaan, tetap bersatu, berdemokrasi, dan adil," jelasnya. "Saudara-saudara harus jadi manusia, bukan robot."Mahfud MD dan peserta Sekolah PancasilaDalam kesempatan sama , Kepala Multimedia Liputan6.com, Andi Muhyiddin, mengatakan dengan teknologi sekarang, kita bisa membuat konten-konten positif yang mencerahkan. "Teman-teman milenial adalah ujung tombak menangkal hoaks," katanya.

Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Pancasila Dedi Rimbo mengatakan agenda pelatihan ke anak-anak muda ini bertujuan untuk memancing kepedulian generasi milenial untuk menjaga Pancasila dan ber-media sosial secara bijak. Pada agenda Sekolah Pancasila yang perdana ini pesertanya dibatasi 100 anak muda.

"Pesertanya dari Aceh sampai Papua, nanti kita gelar rutin di kota-kota lain."

Dedi menambahkan, pendidikan dan diskusi soal Pancasila sangat dibutuhkan di era kekinian di mana teknologi begitu cepat berkembang. "Yang terpenting kita tetap Indonesia dan menggenggam Pancasila. Indonesia itu soal rasa," ucapnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menlu Mike Pompeo: AS Siap Bantu Korban Gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah

Posted: 29 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo menyampaikan duka cita atas tragedi bencana gempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, di Sulawesi Tengah pada Jumat 28 September 2018 lalu.

Melalui akun Twitter resmi pribadinya (30/9/2018), Pompeo mengatakan, "Duka dan doa kami bersama orang-orang #Indonesia menyusul gempa dan tsunami yang terjadi pada 28 September yang menghantam Sulawesi Tengah."

Lebih lanjut, Pompeo mengatakan bahwa pemerintah AS, melalui Kedutaan Besar AS di Jakarta, terus memantau situasi pasca bencana.

Pompeo juga mengatakan, "Kami bersiap untuk membantu jika dibutuhkan."

Bantuan dari Pemerintah Pusat Telah Dikirim

Di sisi lain, pemerintah Indonesia memastikan bantuan tanggap darurat bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, sudah mulai dikirim sejak Sabtu dinihari.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu 29 September 2018, usai rapat selama dua jam di kantornya, Menkopolhukam Wiranto menyatakan, pemerintah akan berupaya maksimal memberikan bantuan. Termasuk di antaranya menggerakan TNI-Polri dan relawan dari wilayah yang terdekat.

Armada TNI Angkatan Laut juga dikirimkan untuk segera bersandar di pelabuhan di lokasi bencana untuk membawa bantuan. Kini pemerintah terus berkomunikasi terkait tanggap darurat bencana ini, mengingat luasnya wilayah terdampak gempa dan tsunami.

Wiranto juga meminta kepada Kementerian Perhubungan untuk mengirimkan satu unit halikopter ke Bandara Palu untuk membawa alat navigasi. Guna membantu pesawat-pesawat pembawa bantuan logistik bagi korban gempa dan tsunami.

Sementara itu, Kementerian Sosial siap menyalurkan bantuan 100 ton beras dan bantuan lainnya untuk korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Kementerian Sosial juga sudah berkoordinasi dengan TNI untuk penyaluran bantuan tanggap darurat bagi korban gempa di Donggala dan Palu. (Muhammad Gustirha Yunas)

 

Simak video pilihan berikut:

Bantuan Belum Lancar

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bantuan personel Tim SAR maupun logistik belum lancar masuk ke Kota Palu dan Donggala akibat gempa. Kondisi ini karena akses darat, udara, dan laut masih sulit ditembus.

"Dengan jalur darat sudah dilakukan sejak semalam. Tapi karena tidak ada jaringan komunikasi, kami tidak bisa dapat laporan dari tim BPBD," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, seperti dilansir Antara, Sabtu 28 Agustus 2018.

Ini karena sejumlah ruas jalan menuju Kota Palu maupun Donggala terputus karena rusak oleh gempa atau tertimbun longsor. Sementara, untuk jalur laut, akses pelabuhan tidak ada karena telah rusak diterjang gempa dan tsunami, pada Jumat, 28 September kemarin.

Namun, Kementerian Perhubungan RI sudah dapat memastikan petang ini Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie dapat kembali didarati oleh pesawat-pesawat komersial. Sehingga diharapkan bantuan personel Tim SAR, tim media dan logistik bisa lancar masuk ke Kota Palu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Siwon Super Junior Berduka untuk Gempa Palu dan Donggala

Posted: 29 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Gempa Palu dan Donggala diserta tsunami, menyebabkan 384 orang meninggal dunia. Laporan dari BPNB itu juga menyebut 540 orang luka-luka dam 36 orang hilang. Angkanya diperkirakan akan terus bertambah.

Rupanya bencana alam dahsyat itu telah sampai ke telinga Siwon. Personel Super Junior (Suju)  itu ikut menuliskan rasa duka untuk gempa Palu dan Donggala yang terjadi.

Di akun Twitter miliknya, Sabtu (29/9/2018), Siwon berdoa untuk korban gempa Palu dan Donggala.

Ia juga ikut menyebarkan tagar #PrayforIndonesia (Doa untuk Indonesia), agar masyarakat dunia mengetahui bencana besad gempa Palu dan Donggala.

Cuitan Siwon

Warga mengevakuasi kantong jenazah berisi jasad korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

"Aku ingin menunjukkan rasa berdukaku terhadap banyaknya korban tewas akibat gempa bumi disertai tsunami yang mengguncang Sulawesi, Indonesia. Semoga negara itu bisa pulih dari bencana tersebut. Doaku untuk mereka," cuitan Siwon, yang sempat manggung dengan Suju saat penutupan Asian Games 2018 di Jakarta, awal September lalu.

Berduka

Seorang pria memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Penggemar Siwon juga ikut berdoa atas gempa Palu dan Donggala. Tak hanya dari Indonesia, fans Siwon dari seluruh dunia juga ikut menyuarakan rasa duka terhadap benacana alam tersebut.

Sedih

Siwon `Super Junior` (Instagram/@choisiwon)

Cuitan Siwon dibalas oleh akun dengan nama @sarah, "aku juga ikut berduka cita atas bencana alam yang menimpa Indonesia. Semoga kesedihan ini bisa berlalu.

Warganet lain dengan nama @psy999 berkomentar, "semoga keluarga dan keraban yang ditinggalkan bisa diberi ketabahan. Semoga korban hilang segera ditemukan."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

6 Atlet Paralayang Pengisi Acara Festival Pesona Palu Dikabarkan Hilang

Posted: 29 Sep 2018 09:28 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) 2018 sedianya digelar pada 28 hingga 30 September. Namun, gempa bumi disertai tsunami terjadi di Palu menyapu tempat acara festival tahunan itu.

Puluhan hingga seratusan orang pengisi acara yang sebagian merupakan para penari, hingga ini belum diketahui nasibnya. Selain penari, enam atlet paralayang juga belum diketahui keberadaannya usai terjadi gempa disertai tsunami. Satu di antaranya merupakan warga negara Korea Selatan.

Kabar tersebut diunggah akun instagram @crack.palinggi.

"Please, Pray for 6 paragliding friends staying at the Roa-Roa Hotel during the earthquake 7.7 SR in Palu, Central Sulawesi," tulis akun tersebut yang dikutip merdeka.com.

Dalam unggahannya, akun itu turut menulis para atlet yang masih hilang, yakni:

1. Franky Kowaas

2. Ardi Kurniawan (Gundul)

3. Petra Mandagi

4. Lee Dongjin (South Korea)

5. Reza C Kambey

6. Gleen Mononutu

7. Serda Fahmi.

 

50 Orang Masih Tertimbun

Potret terkini Palu-Donggala usai gempa (foto: Twitter/@bagjasatiya)

Proses evakuasi para korban gempa Palu di Hotel Roa-Roa masih terus berlangsung. Basarnas memperkirakan ada puluhan orang yang tertimbun dalam bangunan tersebut.

"Evakuasi korban tertimbun gempa Palu di Hotel Roa-Roa Kota Pqluterus dilakukan Tim SAR Gabungan dikoordinir Basarnas. Diperkiran terdapat 50 orang di bawah reruntuhan bangunan. Alat berat diperlukan untuk evakuasi," tulis Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam akun twitternya yang dikutip Liputan6.com, Minggu (30/9/2018).

Hotel Roa-Roa yang terletak di Jalan Pattimura itu berlantai delapan. Bangunan itu rata dengan tanah. Hotel yang memiliki 80 kamar itu terdapat 76 kamar yang terisi oleh tamu hotel yang menginap.

Selain itu, di pusat perbelanjaan terbesar di Kota Palu, Mal Tatura di Jalan Emy Saelan, juga ambruk. Diduga masih ada puluhan hingga seratusan orang yang terjebak dalam mal empat lantai yang dibangun tahun 2006 itu.

Menurut salah seorang pegawai mal yang ditemui, para korban gempa Palu yang terjebak di dalam mal yang ambruk sebagian itu belum dievakuasi.

Sementara di Rumah Sakit Budi Agung Palu di Jalan Maluku, terdapat 14 jenazah yang dibawa dari Mal Tatura. Sedangkan seratusan orang yang terluka seperti patah kaki dan luka-luka lainnya masih berada di halaman rumah sakit.

Sebagian ruang pasien belum ditangani secara medis karena belum ada dokter yang menangani.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pengguna Gugat Facebook Soal Peretasan 50 Juta Akun

Posted: 29 Sep 2018 09:22 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama usai mengungkap kasus peretasan yang mengancam 50 juta akun Facebook, sejumlah pengguna di Amerika Serikat melayangkan gugatan hukum atau class-action terhadap media sosial tersebut.

Dikutip dari The Verge, Minggu (30/9/2018), gugatan didaftarkan atas nama Carla Echavarria dari Californa dan Derick Walker dari Virginia. Adapun gugatan hukum ini didaftarkan ke Pengadilan Negeri setempat.

Dalam gugatannya, para pelapor menganggap bahwa Facebook tidak memiliki keamanan yang memadai, sehingga mengancam para pengguna.

Salah satu yang menjadi perhatian adalah pencurian identitas pengguna akibat aksi ini.

Facebook dianggap telah berasalah dengan melakukan praktik bisnis yang melanggar, kelalaian, hingga pelanggaran undang-undang konsumen di California.

Karenanya, mereka meminta ganti rugi berupa hukuman hingga pembiayaan untuk pengacara dalam gugatan ini.

Usai gugatan tersebut, Facebook sendiri belum berkomentar apapun. Sekadar informasi, pengungkapan kasus dilakukan Facebook beberapa waktu lalu.

Dalam notifikasi yang diberikan, Facebook mengatakan pihaknya menemukan pelanggaran keamanan yang mempengaruhi hampir 50 juta akun.

Meski mengklaim sudah menangani masalah tersebut, Facebook belum mengungkap pihak yang bertanggung jawab atas kasus ini.

Karenanya, tak sedikit pihak yang mempertanyakan kemampuan perusahaan menjaga keamanan penggunanya.

Bos Facebook Ikut Jadi Korban

Ilustrasi Facebook (iStockPhoto)

Sebelumnya, pihak penegak hukum dan regulator, termasuk Komisaris Perlindungan Data Irlandia telah diberitahu tentang insiden tersebut. Demikian seperti dikutip Bloomberg, Sabtu (29/9/2018).

Akun Facebook CEO Facebook Mark Zuckerberg dan COO Facebook Sheryl Sandberg, termasuk di antara pengguna yang ditargetkan oleh hacker.

Saham perusahaan pun turun 2,6 persen dengan penutupan sebesar US$ 164,46 di New York--secara total turun 6,8 persen di tahun ini.

Kebocoran data pengguna, pelanggaran keamanan, dan penyebaran informasi yang salah membuat Facebook harus menghadapi rapat dengar Kongres.

Perusahaan pemilik WhatsApp dan Instagram ini diduga mengumpulkan terlalu banyak informasi pribadi dan tidak menjaganya dengan baik.

Seperti diketahui, data adalah 'urat nadi' dari bisnis periklanan Facebook, sehingga kesalahan tersebut tentu berdampak pada penghasilan perusahaan.

(Dam/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Harga Telur Stabil di Rp 23 Ribu per Kg

Posted: 29 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur kembali turun ke kisaran Rp 22 ribu sampai Rp 23 ribu per kilogram (kg). Pada akhir Agustus lalu, telur sempat menyentuh Rp 30 ribu per kg.

"Telur biasa Rp 22 ribu, sudah turun dari kemarin," ucap Iman (26) salah satu pedagang telur di Pasar Grogol, Jakarta Barat, kepada Liputan6.com seperti ditulis Minggu (30/9/2018).

Lebih lanjut, pada toko tempatnya berjualan telur bebek dijual Rp 26 ribu per kg, telur ayam kampung Rp 2.200 per butir, dan telur puyuh Rp 32 ribu per kg.

Sementara, di Toko Telor Arie, harga masih terhitung sama, yaitu Rp 22 ribu sampai Rp 23 ribu per kg. Untuk telur ayam pecah harganya Rp 20 ribu per kg.

Telur ayam kampung yang ia jual terbagi dalam dua kategori. Telur ayam kampung merah sehara Rp 2.500 dan yang biasa Rp 2.500. Sementara, telur bebek satuannya Rp 2.500.

"Harga masih stabil, belum ada kenaikkan," ujar sang penjaga toko.

Pemerintah Patok Batas Bawah dan Atas Harga Telur

Pekerja mengumpulkan telur dari peternakan ayam di kawasan Depok, Jawa Barat, Senin (23/7). Tingginya harga telur ayam di pasaran karena tingginya permintaan saat lebaran lalu yang berimbas belum stabilnya produksi telur. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

 Hasil rapat koordinasi (rakor) Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dengan sejumlah asosiasi dan pengusaha hingga peternak telur menyepakati sejumlah keputusan.

Enggartiasto menyampaikan, keputusan tersebut salah satunya yakni menetapkan harga batas bawah dan batas atas untuk harga telur ayam ras di tingkat peternak.

"Dengan berbagai masukan menetapkan harga batas bawah dari telur Rp 18.000 (per kilogram) yang semula Rp 17.000. Kemudian dengan batas atas adalah Rp 20.000," ujar dia saat konferemsi pers di Kantornya, Jakarta, Rabu, 26 September 2018. 

Enggartiasto menyebut, keputusan ini di ambil menyikapi kondisi harga telur yang saat ini sedang jatuh, sementara harga pangan terus meningkat. Oleh karena itu, kata Enggartiasto, perlu ada penetapan harga batas bawah dan atas. 

"Kalau ini tidak disikapi dan kita tidak melakukan berbagai langkah maka akan menimbulkan persoalan bagi para peternak telur dan ayam. Sebab mereka juga akan ambil langkah afkir dini. Jangka panjanganya ini adalah akibatnya suplay telur di masa depan," imbuh Enggartiasto.

Enggartiasto juga akan meminta kepada Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) agar menyesuaikan harga telur yang telah disepakati. Harga beli atau famgate tidak boleh lebih rendah dari harga yang disesuaikan.

"Teman-teman Aprindo sebagai price leader akan diikuti oleh pedagang-pedagang yang lain. Telur ayam Rp 18.000 Itulah kesepakatan yang dikeluarkan. KPPU menjelaskan bahwa jadikanlah ini ketetapan pemerintah dan hasil meeting kami Aprindo bakal lakukan ini yakni follow pemerintah dimana mereka membeli dengan harga tidak di bawah Rp 18.000," pungkas Enggartiasto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Stand Kemenpar dan Tarian Indonesia Curi Perhatian Travel Expo Selandia Baru

Posted: 29 Sep 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses mencuri perhatian masyarakat Selandia Baru. Kementerian di bawah komando Arief Yahya itu tampil dengan stand terbesar di zona Asia dan Timur Tengah dalam Pameran Travel Expo Selandia Baru di Gedung ASB Show Ground Auckland, 29 hingga 30 September 2018.

"Saya suka dengan Indonesia. Coba saya pilih di liburan nanti, karena selama ini kami ke Fiji dan Hawaii. Ingin saya coba Indonesia. Kami datang ke sini karena boothnya sangat besar dan tariannya juga sangat bagus," kata Eddy Courtois salah satu pengunjung stand yang juga Travel Expert dari Flight Centre Selandia Baru.

Indonesia memang tampil memukau. Memilih stand dengan cerdas. Tepat di depan pintu masuk zona Asia dan Timur Tengah, stand Kementerian terbaik se-Asia Pasifik versi TTG Asia itu tampil lebih besar dari negara-negara lainnya.

Sebut saja Malaysia dan Thailand. Dua negara tetangga itu hanya tampil seadanya dengan satu stand. Indonesia tampil megah dengan 3 stand sekaligus. Belum lagi, Indonesia dihiasi dengan penari-penari yang ciamik dan atraktif.

Baru hari pertama saja, Tari Sekar Jagat Bali dan Kostum Karnaval bernuansa Bali langsung menjadi perhatian pengunjung. Selain tarian, Kemenpar juga mempersiapkan kostum Karnaval dari Bali yang membuat stand tanah air semakin berwarna.

Bahkan secara mengejutkan, panitia Travel meminta penari Indonesia untuk hadir ke atas panggung utama. Padahal tidak ada dalam jadwal di panggung utama. Hasilnya, panggung langsung penuh dan tepuk tangan meriah pecah saat penari membawakan tari Sekar Jagat.

"Tarian itu bisa menjadi diplomasi sebagai pintu masuk wisatawan luar negri ke negara kita. Tarian adalah diplomasi budaya untuk mengajak wisatawan agar mengunjungi negara kita. Dan kami sangat bersyukur panitia travel menyambut gembira," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional IV Kemenpar Adella Raung yang juga diamini Kepala Bidang Pemasaran Area IV (New Zealand, Oceania), Titik Lestari.

Titik juga sangat gembira kalau tarian yang dibawanya ke Selandia Baru mendapat perhatian khusus. Pasalnya, pihak panitia meminta penari Indonesia untuk tampil lagi di acara hari kedua sebanyak tiga kali.

"Alhamdulillah mereka sangat antusias. Tari Sekar Jagat berhasil kami bawakan di hari pertama dengan baik," kata Titik.

Tari sekar Jagat merupakan tarian yang legendaris dan eksotis.Jika dilihat dari kemunculan nya tarian ini memang tergolong tarian yang belum lama muncul. Tari Sekar Jagat diperkenalkan oleh seorang seniman berkebangsaan Bali Swasti Widjaya Bandem tepatnya pada pertengahan tahun 1993.

Nama tari tersebut sebenarnya diambil dari dua suku kata yakni sekar dan bali. Sekar dalam bahasa Indonesia berarti bunga dan jagat berarti alam semesta atau dunia. Pada awal pementasan nya tarian sekar jagat diiringi oleh alat musik tradisional bali berupa gambelan yang dimainkan oleh seniman I Nyoman Windha.

Adapun fungsi dari tarian sekar jagat yakni sebagai upacara sambutan bagi tamu kehormatan sekaligus dapat digunakan sebagai media hiburan.Gerakan dalam tari tersebut menggambarkan suatu kedamaian di alam semesta sekaligus menggambarkan suasana yang semerbak oleh bebauan dari bunga. Tak heran jika tarian ini memiliki properti utama berupa ikatan bunga yang dipegang masing-masing penari yang bisa membuat pengunjung terpukau.

"Sementara untuk tarian hari kedua kami akan memberikan tarian dengan materi 10 destinasi prioritas yang telah ditetapkan pemerintah," kata Adella yang juga diamini Titik.

Menpar Arief Yahya mengapresiasi semua kegiatannya yang berhasil menarik perhatian para wisatawan di luar negri.

"Budaya dan seni tari itu makin dilestarikan makin mensejahterakan. Saya ingin seni dan budaya tanah air terus eksis dan mendapatkan panggung untuk bisa ditampilkan ke khalayak luas, apalagi di pentas berkelas internasional," kata Menpar Arief Yahya.

Kemenpar memang selalu unjuk gigi di acara berlevel dunia. Contohnya seperti apa yang dilakukan Kemenpar di Selandia Baru.Travel Expo ini adalah kegiatan pameran terbesar di Selandia Baru. Tahun ini, Travel Expo dipusatkan di ASB Showground, Kota Auckland.

Format yang digunakan adalah B to C. Untuk memaksimalkan momen ini, Wonderful Indonesia membawa tim penari dan jugamenyertakan 5 seller yang berasal dari Bali dan Lombok yang sudah ada kerjasama dengan Flight Centre.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Pengeembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani, pertumbuhan positif kunjungan wisatawan asal Selandia Baru harus direspons.

"Ada pertumbuhan yang sangat bagus setiap tahunnya. Kita harus manfaatkan itu. Kita kasih tahu ke publik Selandia Baru jika Indonesia memiliki banyak destinasi yang bisa dieksplorasi. Harapan kita tentu jumlah kunjungan itu semakin meningkat. Apalagi jarak Selandia Baru dengan Indonesia relatif tidak terlalu jauh," kata Giri.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kementan Cek Persiapan Final Hari Pangan Sedunia di Kalsel

Posted: 29 Sep 2018 09:16 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menjelang pelaksanaan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 38 pada 18-21 Oktober 2018 di Kalimantan Selatan, Kementerian Pertanian bersama dengan Pemerintah Daerah terus besinergi memastikan kesiapan penyelenggaraan HPS yang rencana akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan puluhan duta besar dari negara sahabat.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Syukur Iwantoro meyakini kesiapan HPS di Kalsel sudah memasuki tahap akhir dengan kerja keras seluruh pihak.

"Ratusan hektar lahan rawa berhasil disulap menjadi lahan petanian produktif, bahkan ada beberapa lahan yang sudah panen," kata Syukur saat meninjau langsung lokasi HPS di Desa Jejangkit Muara, Kabupaten Barito Kuala.

Lebih lanjut Syukur menjelaskan penyelenggaraan HPS kali ini akan diadakan diatas lahan rawa seluas 4000 ha yang tengah digarap menjadi lahan sawah, hal ini menggambarkan bagaimana keseriusan Indonesia dalam mengembangkan dan memanfaatkan potensi lahan sub optimal sebagai lahan produktif.

"Ini peluang yang sangat strategis untuk menunjukan kepada dunia, betapa Indonesia serius dan mampu secara cerdas mengelola lahan rawa, tentunya dengan didukung berbagai inovasi teknologi pertanian yang ada," ungkap Syukur.

Kesiapan lahan rawa di Batola sebagai salah satu lokasi HPS, diyakini tidak terlepas dari dukungan penuh yang diberikan Kementan ke daerah, Syukur mengaku Kementan telah memberikan bantuan pupuk dan benih hingga puluhan eskavator, pompa dan teknologi irigasi serta alat mesin pertanian lainnya.

"Lahan yang tadinya tidak produktif, dengan sentuhan teknologi pertanian yang tepat,kini bisa bermanfaat bahkan berpotensi menjadi tulang punggung penghasil pangan nasional hingga berpeluang menjadi sumber ekonomi masyarakat disekitarnya," paparnya.

Diakhir peninjauan Syukur mengatakan agar semua pihak terus bergerak memperluas pemanfaatan lahan rawa yang ada, pemanfaatan tersebut diharapkan tidak hanya fokus pada komoditas padi tetapi juga pada tanaman hortikultura.

Dikesempatan berbeda Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian selaku Ketua Pelaksana HPS Nasional, Pending Dadih Permana mengatakan semangat petani di Batola harus terus dijaga hingga pasca HPS, Dadih memastikan akan ada pendampingan selama tiga tahun sampai korporasi petani diwilayah tersebut terbentuk.

"Kita akan kawal dari aspek teknis, menejerial, hingga aspek bisnisnya dan penguatan kelembagaannya, karena ini titik kunci keberlanjutan lahan rawa," jelas Dadih saat memimpin rapat pleno persiapan HPS di Kantor Gubernur, Banjarbaru.

Lebih lanjut Dadih menegaskan kesiapan pelaksanaan HPS di Kalsel hampir 100% rampung, dengan semangat seluruh pihak baik pusat maupun daerah, Dadih yakin pelaksanaan HPS sesuai dengan tema nasional yang diangkat tahun ini akan berjalan dengan lancar dan menjadi potret keberhasilan Indonesia dalam upaya optimalisasi pemanfaatan lahan rawa lebak dan pasang surut menuju lumbung pangan dunia 2045.

Sebagai Informasi pelaksanaan HPS akan dipusatkan pada dua titik di Kalimantan Selatan, yaitu di Kawasan Perkantoran Pemerintah Provinsi Kalsel yang terletak di Banjarbaru dan Desa Jejangkit Muara, Kecamatan Jejangkit di Kabupaten Barito Kuala.

Selain akan diisi dengan pelaksanaan seminar nasional, wisata diplomatik, gelar teknologi, pameran produk pertanian dan panen raya padi di lahan rawa, HPS tahun ini juga akan memecahkan rekor muri melalui kegitan "isi piringku" yang akan diikuti dan dimeriahkan oleh 2018 orang ibu hamil

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Juara NBA, Lakers Sewa Pemain Legendaris

Posted: 29 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Los Angeles (LA) Lakers melakukan beberapa cara agar bisa kembali ke era kejayaan di NBA. Setelah memboyong Le Bron James, Lakers juga mencoba untuk memperkuat sektor kepelatihan.

Seperti dilansir NBA.com, Lakers menyewa pemain legendaris Kurt Rambis sebagai penasehat senior. Presiden Operasional LA Lakers, Earvin Magic Johnson memastikan soal perekrutan Rambis yang pernah berjaya baik sebagi pelatih maupun pemain di Lakers.

Tugas rambis yaitu memberi laporan kepada Johnson soal perkembangan Lakers. Dia juga akan memberi masukan buat staf pelatih dalam tugas sehari-hari.

"Sebagai bagian dari Lakers, Kurt adalah seorang juara dan tahu bagaimana caranya memberi kemenangan," ujar Johnson.

"Dia sudah menjadi bagian integral di Lakers karena pernah juara NBA empat kali sebagai pemain dan empat kali juara lagi sebagai pelatih. Pandangan dan pengalamannya akan menguntungkan buat kami," katanya.

 

Karier Rambis

Kurt Rambis gabung dengan Lakers (ELSA / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / AFP)

Rambis bukan orang baru bagi Lakers. Dia sudah 16 tahun mengabdi sebagai staf pelatih dan beberapa peran lainnya di Lakers pada 1994-2009 dan 2013-14.

Saat itu, Lakers sudah tampil 6 kali ke final NBA (2000-02, 2004, 2008-09) dan memenangkan empat gelar juara(2000, 2001, 2002 and 2009). Rambis juga pernah mencoba peruntungan jadi pelatih Minnesota Timberwolves pada 2009-11.

Dan belum lama ini, dia menghabiskan empat musim sebagai pelatih New York Knicks pada 2014-2018.

"Saya senang ada Kurt dalam tim ini. Pengalamannya yang luas di NBA dan pengetahuan soal permainan bakal menjadi aset untuk tim ini. Saya tak sabar bekerja sama dengan dia," ujar pelatih Lakers, Luke Walton.

 

Saat Jadi Pemain

Sebagai pemain, Rambis menangkan empat kali juara NBA pada 1982, 1985, 1987, dan 1988 selam sembilan musim di Lakers. Dia juga pernah main di Hornets, Suns dan Kings dari 1988-1993.

Dia memutuskan pensiun sebagai pemain pada 1995. Saat ini, nomor 34 di Lakers diistirahatkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Tinjau Lokasi Gempa dan Tsunami di Palu

Posted: 29 Sep 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa berkekuatan magnitudo 7,4 menyebabkan tsunami di wilayah Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat 28 September. Usai menggelar doa bersama di Solo, Presiden Joko Widodo atau Jokowi langsung terbang ke Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, untuk meninjau langsung daerah terdampak gempa dan tsunami. 

Saat mendengar gempa dan tsunami terjadi di Provinsi Sulawesi Tengah, Jokowi langsung memerintahkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Panglima TNI, Kapolri dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk melaksanakan operasi tanggap darurat.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menjelaskan, Jokowi memutuskan meninjau langsung ke Provinsi Sulawesi Tengah, khususnya Kota Palu untuk mengetahui kondisi pascabencana saat ini.

"Presiden akan memberikan arahan terkait prioritas yang harus dilakukan, serta keputusan yang diperlukan terkait dengan dampak bencana di lapangan. Fokus utama saat ini adalah evakuasi korban dan juga pengiriman bantuan," ucap Pratikno.

Selain itu, sulitnya melakukan koordinasi dalam menangani dampak gempa dan tsunami akibat terputusnya jalur komunikasi menjadi faktor lain yang membuat Jokowi bersegera meninjau langsung ke daerah terdampak gempa dan tsunami.

 

Naik Pesawat TNI AU

Dalam kunjungan ke Kota Palu, Jokowi dan rombongan menggunakan Pesawat Boeing 737-400 TNI AU melalui Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Surakarta. Rombongan Jokowi lepas landas pada pukul 10.07 WIB.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan, penggunaan Boeing 737-400 TNI AU dalam kunjungan kali ini dikarenakan kondisi landasan pacu Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Palu.

"Landasan pacu yang bisa digunakan hanya sepanjang 2.000 meter dari 2.400 meter landasan pacu yang ada dan kemarin saya bersama rombongan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-400," ucap Hadi.

Setibanya di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Jokowi dan rombongan akan meninjau beberapa lokasi yang terkena dampak gempa dan tsunami, yaitu Pantai Talise, Perumahan Balaroa, dan Rumah Sakit Wira Buana.

Dalam penerbangan ke Palu ini Presiden didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya Basuki Hadimuljono, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Korban Gempa dan Tsunami Palu Jarah Minimarket

Posted: 29 Sep 2018 09:09 PM PDT

Sebuah mobil yang membawa peti mati dari kerabat mereka melintas saat warga menjarah toko serba ada setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulteng, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Sebuah mobil yang membawa peti mati dari kerabat mereka melintas saat warga menjarah toko serba ada setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulteng, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga membawa kebutuhan pokok menggunakan motor setelah menjarah toko swalayan menyusul gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga membawa kebutuhan pokok menggunakan motor setelah menjarah toko swalayan menyusul gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

Warga menjarah kebutuhan pokok dari toko swalayan setelah gempa kuat dan tsunami mengguncang Kota Palu di Sulawesi Tengah, Minggu (30/9). Warga terpaksa mengambil karena mereka juga membutuhkan makanan dan air bersih. (AFP PHOTO/BAY ISMOYO)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kerabat Minta Bantuan Paranormal Telusuri Keberadaan Korban Gempa Palu

Posted: 29 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Sejumlah kerabat yang berada di daerah tak terdampak gempa Palu tampak masih resah menunggu kabar keluarganya yang kemungkinan menjadi korban dalam peristiwa gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Selain melapor ke kantor Basarnas setempat dan terus berupaya menghubungi kontak keluarganya yang berada di Palu dan Donggala yang hingga saat ini belum dapat tersambung, para kerabat juga terpaksa meminta bantuan paranormal untuk mengetahui kondisi keluarganya yang kemungkinan menjadi korban gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala tersebut.

"Hingga saat ini kami tidak bisa tidur pasca mendapat berita terjadi gempa bumi dan tsunami di Palu dan sekitarnya. Di sana banyak keluarga dan sampai sekarang belum bisa dihubungi. Kami khawatir ada apa-apa. Jadi terpaksa minta bantuan paman di kampung untuk menerawang dari jauh," kata Andi Nurbaya, warga Uloe, Kabupaten Bone via telepon, Minggu (30/9/2018).

Kata dia, pamannya di Kampung memang dikenal karena ada kemampuan dalam menerawang menggunakan mata batin serta kerap dimintai bantuan ketika ada orang kehilangan sesuatu.

"Yah orang kampung bilang seperti sanro (paranormal). Semoga paman di kampung bisa mengendus keberadaan keluarga kami yang ada di Palu yang hingga saat ini belum ada kabarnya," ujar Baya sapaan akrab Andi Nurbaya itu.

Sembari menunggu upaya yang dilakukan pamannya yang terbilang sebagai paranormal di kampungnya tersebut, Baya mengaku terus memonitor perkembangan yang ada lewat berita online dan media televisi.

Selain itu, dia terus berupaya menghubungi kontak keluarganya yang kemungkinan menjadi korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu yang hingga detik ini belum bisa tersambung.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sederet Tokoh Dunia Ucapkan Belasungkawa Terkait Gempa Palu

Posted: 29 Sep 2018 09:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tragedi gempa Palu yang disertai tsunami setinggi 1,5 meter pada Jumat 28 September, menewaskan sedikitnya 384 jiwa hingga pantauan dini hari tadi.

Para korban tewas tersebar di RS Wirabuana Palu sebanyak 10 orang, RS Masjid Raya sebanyak 50 orang, dan sisanya sebanyak 161 orang berada di RS Bhayangkara.

Kemudian, di Desa Pantoloan Induk sebanyak 20 orang, Desa Kayumalue Pajeko sebanyak 2 orang dan RS Undala Mamboro Palu sebanyak 141 orang.

Besarnya dampak kerusakan akibat gempa Palu di atas menarik perhatian khalayak luas, tidak terkecuali oleh beberapa tokoh dunia, sebagaimana yang terpantau oleh Liputan6.com pada Minggu (30/9/2018).

Melalui kicauan di Twitter, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyampaikan ucapan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia, terutama bagi korban dan keluarga yang terdampak bencana alam terkait.

Kicauan yang diunggah pada Sabtu 29 September, waktu New York itu di-retweet puluhan kali, termasuk oleh akun resmi PBB, UNICEF, dan UN OCHA.

Sementara itu, dari Inggris, ucapan duka disampaikan secara bersamaan oleh dua tokoh utama pemerintahan setempat, yakni Menteri Pemberdayaan Perempuan Penny Mordaunt dan Kepala urusan Asia Pasifik pada Kementerian Luar Negeri Britania Raya, Mark Field.

Menteri Penny mengatakan pihaknya akan terus memantau kondisi terkini gempa Palu, dan siap sedia untuk memberikan bantuan.

Sedangakn Mark Field menyampaikan pesan bahwa pemerintah Inggris sangat berduka, dan berdoa agar seluruh korban selamat diberikan kekuatan untuk melewatinya.

Sementara itu, seketaris eksekutif Organisasi Pakta Larangan Tes Nuklir Komprehensif, Lassina Zerbo, turut berkicau tentang laporan terkini terkait dampak gempa Palu.

Zerbo juga meminta agar masyarakat dunia bersatu mendoakan keselamatan para korban, serta mengimbau untuk bersama-sama memberikan bantuan sekecil apapun.

 

Simak video pilihan berikut:

Viral Video Munculnya Lumpur

potret terkini Palu-Donggala usai gempa (foto: Twitter/@bagjasatiya)

Di lain pihak, sebuah kabar tengah viral di Sulawesi Tengah, yakni mengenai video munculnya lumpur ke rumah warga usai beberapa kali gempa. Fenomena itu disebut sebagai likuifaksi (liquefaction).

"Munculnya lumpur dari permukaan tanah yang menyebabkan amblasnya bangunan dan pohon di Kabupaten Sigi dekat perbatasan Palu akibat gempa 7,4 SR adalah fenomena likuifaksi (liquefaction). Likuifaksi adalah tanah berubah menjadi lumpur seperti cairan dan kehilangan kekuatan," ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di akun twitter-nya, @Sutopo_PN, Minggu (20/9/2018).

Dikutip dari situs web Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), likuifaksi merupakan suatu proses yang membuat kekuatan tanah menghilang dengan cepat. Kekuatan serta daya dukung tanah menurun dikarenakan getaran yang diakibatkan gempa maupun guncangan lainnya.

"Likuifaksi bertanggung jawab atas banyaknya kerusakan yang mengerikan dalam sejarah gempa bumi di seluruh dunia," tulis iagi.or.id.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Penampakan Terkini Kota Palu Usai Dilanda Gempa dan Tsunami

Posted: 29 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tanah Air kembali berduka. Gempa dan tsunami melanda Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018). Getaran gempa berkekuatan 7,7 SR mengakibatkan sejumlah bangunan seperti rumah, ruko dan tempat ibadah di wilayah tersebut roboh. Bahkan, akibat gempa tersebut, muncul tsunami dengan ketinggian 1,5 meter di Pantai Talise dan menerjang bangunan di sekitarnya.

Artikel tentang potret terkini gempa dan Tsunami Palu menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni tentang petugas ATC bandara Palu yang korbankan nyawa saat gempa. Sedangkan artikel tentang gaya tulisan yang mengungkap kepribadian.

 

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 7 Potret Terkini Palu-Donggala Usai Dilanda Gempa dan Tsunami

Orang-orang berjalan melewati mayat (penutup biru) setelah gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Gempa dahsyat baru saja mengguncang Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) kemarin. Gempa berkekuatan 7,7 SR itu mengguncang wilayah Palu dan Donggala pada kedalaman 10 kilometer dan berada di 27 kilometer timur laut.

Akibat gempa tersebut, muncul pula tsunami dengan ketinggian 1,5 meter di Pantai Talise dan menerjang bangunan di sekitarnya. Gempa dan tsunami tersebut menimbulkan banyak korban jiwa. Laporan sementara terdapat beberapa korban meninggal karena tertimpa bangunan roboh dan tersapu tsunami.

Selengkapnya...

2. Kisah Anthonius, Petugas ATC Bandara Palu yang Korbankan Nyawa Saat Gempa

Seorang petugas playanan navigasi penerbangan bernama Anthonius Gunawan Agung meninggal dunia sesaat setelah menjalankan tugasnya saat gempa di Palu, Sulawesi Tengah. (Twitter AirNav)

Indonesia kembali berduka, usai Lombok kini Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, baru saja diguncang gempa 7,4 SR (sebelumnya disebut 7,7) pada Jumat (28/9) sore. Gempa berkekuatan dahsyat ini membuat sebagian besar wilayah di Palu, Donggala dan Mamuju, Sulawesi Tengah, terdampak parah.

Tak hanya itu banyak korban meninggal akibat gempa yang disusul dengan tsunami ini. Salah satunya ialah petugas bandara Palu yang turut tewas ketika bertugas. Dia adalah Anthonius Gunawan Agung.

Selengkapnya...

3. 4 Gaya Tulisan Tangan Ungkap Kepribadian Terkuatmu, Coba Dicek

Orang yang menulis huruf dengan tebal bisa jadi memiliki kondisi kesehatan yang berbeda dengan orang yang menulis huruf dengan tipis. (Via: Lifehacker.co.au)

Meski sekarang zamannya teknologi, tulisan tangan sampai saat ini masih dibutuhkan untuk berbagai tujuan. Selain orisinil, tulisan tangan ternyata juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengungkap kepribadian.

Dilansir dari Elite Readers, keunikanmu dalam tulis tangan bisa bicara banyak perihal kerpribadian.

Selengkapnya...

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

87 Jenazah Korban Gempa dan Tsunami Palu Telah Teridentifikasi

Posted: 29 Sep 2018 09:01 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Gempa Donggala dan tsunami yang menerjang kawasan Palu Sulawesi Tengah telah menewaskan ratusan orang. Puluhan jenazah tersebut kini telah berhasil diidentifikasi.

"Korban gempa dan tsunami di Kota Palu terus bertambah. RS Bhayangkara Palu saat ini jumlah 261, dan masih terus bertambah. Kemarin sudah diidentifikasi 87 jenazah oleh Tim DVI Polri. Proses identifikasi terus dilaksanakan," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrohon dalam akun twitternya, yang dikutip Liputan6.com, Minggu (30/9/2018).

Sementara itu, proses evakuasi para korban di Hotel Roa-Roa masih terus berlangsung. Basarnas memperkirakan ada puluhan orang yang tertimbun dalam bangunan tersebut.

"Evakuasi korban tertimbun gempa di Hotel Roa-Roa Kota Palu terus dilakukan Tim SAR Gabungan dikoordinir Basarnas. Diperkiran terdapat 50 orang di bawah reruntuhan bangunan. Alat berat diperlukan untuk evakuasi," tulis Sutopo.

Hotel Roa-Roa yang terletak di Jalan Pattimura itu berlantai delapan. Bangunan itu rata dengan tanah. Hotel yang memiliki 80 kamar itu terdapat 76 kamar yang terisi oleh tamu hotel yang menginap.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

Mal Ambruk

Kondisi Palu pasca diterpa gempa bumi dan tsunami (Liputan6.com/ Eka hakim)

Selain itu, di pusat perbelanjaan terbesar di Kota Palu, Mal Tatura di Jalan Emy Saelan, juga ambruk. Diduga masih ada puluhan hingga seratusan orang yang terjebak dalam mal empat lantai yang dibangun tahun 2006 itu.

Menurut salah seorang pegawai mal yang ditemui, para korban yang terjebak di dalam mal yang ambruk sebagian itu belum dievakuasi.

Sementara di Rumah Sakit Budi Agung Palu di Jalan Maluku, terdapat 14 jenazah yang dibawa dari Mal Tatura. Sedangkan seratusan orang yang terluka seperti patah kaki dan luka-luka lainnya masih berada di halaman rumah sakit.

Sebagian ruang pasien belum ditangani secara medis karena belum ada dokter yang menangani.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-16 Vs Australia U-16, Demi Tiket Semifinal

Posted: 29 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 sukses lolos dari fase grup Piala AFC U-16 2018. Pasukan Fakhri Husaini melangkah ke babak perempat final dan harus bertemu Australia U- 16.

Laga Timnas Indonesia U-16 melawan Australia akan digelar Senin (1/9/2018) Stadion Petaling Jaya, Malaysia. Seandainya menang atas Australia, Garuda Asia bakal tampil di Piala Dunia U-17 2019.

Australia melaju ke babak perempat final setelah menjadi runner up Grup D Piala AFC U-16. Australia mengoleksi enam poin, tertinggal tiga poin dari Korea Selatan yang jadi juara Grup D.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-16 berstatus juara Grup C. Garuda Asia mengumpulkan lima poin untuk melaju ke perempat final Piala AFC U-16 2018.

Nama besar Australia sama sekali tidak membuat Timnas Indonesia U-16 gentar. Ini juga bukan pertemuan pertama Timnas Indonesia U-16 era Fakhri dengan Australia. Sebelumnya, mereka juga sempat bentrok di Piala AFF U-16 2017, kala itu Garuda Asia kalah 3-7 dari Australia.

Jadwal Timnas Indonesia U-16 vs Australia

Pemain Timnas Indonesia U-16 rayakan kemenangan atas Iran pada laga Grup C Piala AFC U-16. (PSSI)

Perempat Final Piala AFC U-16 2018

Senin, 1 Oktober 2018 (Live MNCTV)

15.30 WIB, Indonesia vs Australia, Stadion Petaling Jaya, Malaysia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Masih Ketakutan, Pasien Rumah Sakit di Palu Dirawat di Luar Gedung

Posted: 29 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pasca gempa 7.4 magnitudo dan tsunami melanda Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018), pasien di Rumah Sakit Undata Palu yang dirawat masih mengalami ketakutan hingga kini. Kondisi itu membuat mereka harus dirawat di tenda yang bertempat di lapangan RS.

Hal tersebut dinyatakan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam rilisnya di sehatnegeriku.kemkes.go.id pada Sabtu (29/9/2018). Korban jiwa yang berada di RS Undata Palu hingga pernyataan tersebut dikeluarkan mencapai sekitar 140 orang.

Sementara itu, tim Rapid Health Assessment dari Pusat Krisis Kesehatan, Kemenkes juga sudah bergerak menuju Sulawesi Tengah. Namun, akibat gempa dan tsunami, jalanan rusak dan listrik padam. Ini menyebabkan komunikasi dan transportasi menjadi terkendala. Maka, tim bantuan dari Poso masih terus berkoordinasi.

Selain itu, Kemenkes juga menyatakan bahwa akses darat dari Poso ke Palu juga terputus.

Tim dari Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat subkluster kesehatan reproduksi, gizi, dan kesehatan lingkungan juga masih menunggu koordinasi untuk memberikan bantuan.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Koordinasi dengan Daerah Tak Terdampak

Warga mengevakuasi kantong jenazah berisi jasad korban tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AP Photo/Rifki)

Terkait obat-obatan, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati dalam rilis tersebut menyatakan, Kemenkes sudah berkoordinasi dengan wilayah terdekat seperti Luwuk Timur, yang tidak terkena dampak bencana gempa. Mereka siap menyediakan obat yang dibutuhkan, sehingga ketersediaan obat di lokasi bencana masih mencukupi.

Selain itu, Kabupaten Palopo, Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur, juga siap menyediakan obat-obatan yang langsung diantar ke Palu. Instalasi farmasi pusat juga siaga menyiapkan obat, jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Sementara, Direktorat Farmasi dan Alat Kesehatan terus berkoordinasi dengan Pusat Krisis untuk tindak lanjut.

Kemenkes merilis nomor telepon bagi masyarakat jika ada yang ingin mendapatkan info keluarganya di Palu dengan menghubungi nomor-nomor berikut ini: Kantor SAR Palu (+62451481110), bagian komunikasi Palu (085299267110 Ahmad Irvan), Tim SAR Palu (+6282291999669 Sayudi, +6285145000022 Asrul Ariman).

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Wajah Beruntusan, Raya Kohandi Salahkan Dirinya yang Sok Tahu

Posted: 29 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Bogor - Sering menghiasi layar televisi membuat Raya Kohandi harus ekstra menjaga penampilannya. Namun belakangan ini, wajah Raya Kohandi malah terlihat beruntusan dan jerawatan.

Hal itu diakuinya karena kesalahannya sendiri yang sok tahu. Raya Kohandi mengaku sering mencampur-campur produk perawatan dengan pengetahuannya yang terbatas.

"Gara-gara aku sok tau sendiri mencampuradukkan produk yang aku beli-beli sembarangan. Dengan sok taunya aku campur-campur. Ternyata ada bahan yang gak boleh dicampur ya," kata Raya Kohandi saat ditemui di Grand Opening The Aesthetics Bogor, Sabtu (29/9/2018).

Menyadari hal tersebut, Raya Kohandi kemudian berupaya untuk mengembalikan wajahnya agar terlihat bagus di televisi. Raya Kohandi kemudian menemukan metode yang pas untuk masalahnya tersebut.

(BACA JUGA dan LINK SEGERA ) 

Konsultasi

Raya Kohandi.

dr. Annisa Hadiwinata, selaku Pemilik The Aesthetics Bogor kemudian menyarankan agar dirinya melakukan perawatan berupa Instant Glowing. Metode ini dirasa tepat dengan kondisi Raya Kohandi saat ini.

"Iya tadi sebelum treatment kita Konsul dulu. Tadi bilang kulitnya lagi kering, ada jerawat, bruntus juga, jadi kita pilih perawatan yang tepat. Raya juga sedang menyusui juga, jadi kita pilihkan perawatan untuk mengembalikan tekstur kulit yang baik. Tapi aman untuk ibu menyusui," ujar dr. Annisa Hadiwinata.

 

Bandel

Raya Kohandi (Instagram.com/rayakohandi244)

Hal ini menjadi pelajaran bagi Raya Kohandi. Sebelumnya, Raya Kohandi mengaku hanya memerhatikan wajahnya ketika sedang terlibat dalam sebuah project film atau sinetron saja, namun kali ini dirinya menegaskan akan lebih merawat keindahan wajahnya.

"Nah biasanya aku 'benernya' gara-gara mau syuting nih, harus perawatan. Harusnya enggak, harus secara rutin kan, aku bandel. Kalau ada project aja. Mulai sekarang aku pengin rutin," tutup Raya Kohandi.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Daftar 10 Pesepakbola Terbaik yang Siap Berlaga di FIFA 19

Posted: 29 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - FIFA 19 dapat dipastikan menjadi salah satu gim yang diantisipasi kehadirannya tahun ini. Gim besutan EA Sports ini selalu menawarkan pembaruan dalam setiap versi seri yang dirilis.

Tidak hanya dari sisi gameplay, andalan lain dari FIFA 19 adalah daftar tim yang lebih beragam dan berlisensi lengkap. Bahkan untuk FIFA 19, gim ini mendapatkan lisensi untuk menghadirkan modus Liga Champions Eropa yang sebelumnya dimiliki Pro Evolution Soccer (PES).

Bersamaan dengan rilis FIFA 19, EA juga selalu memperbarui data kemampuan yang dimiliki para pesepakbola. Lewat sejumlah pembaruan berkala, para pemain ini disebut menggambarkan kemampuan asli sang pemain.

Nah bagi kamu penggemar FIFA, tidak ada salahnya untuk mengetahui siapa saja pemain yang masuk dalam daftar pemain terbaik versi FIFA 19.

Berikut ini daftar 10 pemain terbaik versi FIFA 19 yang dikutip dari Business Insider, Minggu (30/9/2018).

1. Cristiano Ronaldo - Portugal/Juventus - Overall 94

Ronaldo yang kini berseragam Juventus harus diakui merupakan salah satu pemain terbaik saat ini. Dia menjadi top skor di Liga Champions 2018 dan mengantarkan Real Madrid menjadi juara.

2. Lionel Messi - Argentina/FC Barcelona - Overall 94

Messi kerap disebut sebagai rival utama dari Ronaldo. Tahun ini dia menjadi pemain pertama yang memperoleh lima sepatu emas dan membuatnya menjadi salah satu pemain paling ditakuti di FIFA 19.

3. Neymar Jr. - Brasil/Paris Saint-Germain - Overall 92

Neymar kerap disandingkan dengan legenda Brasil lain, seperti Ronaldo dan Ronaldinho. Sempat cedera musim lalu, kini dia siap membela PSG meraih titel juara Liga Perancis tiga kali berturut-turut.

Modric Hingga Ramos

FIFA 19. (Doc: EA Sports)

4. Luka Modric - Kroasia/Real Madrid - Overall 91

Mantan rekan setim Ronald ini berhasil menunjukkan performa apik saat gelaran Piala Dunia 2018 dan mengantarkan Kroasia ke final ajang sepakbola terbesar di dunia tersebut. Hal itu membuatnya berhasil menyandang gelar pemain terbaik Piala Dunia 2018.

5. Kevin de Bruyne - Belgia/Manchester City - Overall 91

De Bruyne juga menunjukkan performa yang baik dalam gelaran Piala Dunia 2018, setelah sebelumnya meraih gelar juara Liga Inggris bersama Manchenster City. Penampilan apiknya membuat De Bruyne dinobatkan sebagai playmaker terpilih Liga Inggris musim 2017-2018.

6. Eden Hazard - Belgia/Chelsea FC - Overall 91

Hazard merupakan kapten tim nasional Belgia yang berhasil membawa timnya finis di posisi ketiga Piala Dunia. Sebagai gelandang, dia memiliki kontrol bola yang sangat baik dan kerap menjadi tumpuan tim saat bertanding.

7. Sergio Ramos - Spanyol/Real Madrid - Overall 91

Sebagai bek yang tangguh, Ramos dipercaya menjadi kapten Real Madrid sejak 2009. Gaya bermainnya yang terbilang agresif membuatnya dikenal memiliki kemampuan mematikan untuk menghentikan serangan lawan.

Suarez hingga Kroos

FIFA 19. (Doc: EA Sports)

8. Luis Suarez - Uruguay/FC Barcelona - Overall 91

Suarez dikenal memiliki sebagai penyerang yang mematikan. Dia memegang rekor Uruguay sebagai pemain sebagai pencetak gol terbanyak, yakni 55 dari 104 laga. Suarez merupakan pemain lain di luar Ronaldo dan Messi yang berhasil mendapat gelar sepatu emas Eropa.

9. David de Gea - Spanyol/Manchester United - Overall 91

De Gea berhasil masuk dalam daftar pemain dari tim pilihan FIFA pada 2018. Ini merupakan kali pertama De Gea masuk dalam daftar tersebut dan membuatnya menjadi kiper terbaik di dunia saat ini.

10. Toni Kroos - Jerman/Real Madrid - Overall 90

Sejak bergabung dengan Real Madrid pada 2014, Kroos turut membantu tim tersebut meraih titel Liga Champions dalam lima tahun terakhir. Sebelumnya, penampilan apik Kroos sebagai wakil kapten tim nasional Jerman turut membawa tim Bavaria merengkuh juara dunia.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Padu Padan Gaun Polkadot Amal Clooney yang Tidak Membosankan

Posted: 29 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Amal Clooney selalu memiliki trik fashion unik di setiap penampilannya. Dengan potongan gaun dan motif sederhana akan selalu terlihat sempurna di tubuh Amal Clooney. Tak terkecuali gaun dengan motif polkadot.

Motif polkadot sempat menjadi tren di dunia fashion. Namun kini orang cenderung bingung bagaimana menggunakan pakaian bermotif polkadot. Motif polkadot pun sering diidentikkan dengan kesan yang playful. Namun Amal Clooney justru menggunakan gaun bermotif polkadot ketika menghadiri pertemuan PBB.

Menggunakan polkadot bukan berarti mengurangi esensi kecerdasan dan kecantikan seorang wanita. Justru, polkadot membawa nuansa cair dalam situasi yang tegang. Penasaran seperti apa padu padan polkadot yang dilakukan oleh Amal Clooney.

1. Midi dress

 
 
 
View this post on Instagram

❤ #AmalClooney #newyork [Sep 26, 2018]

A post shared by the_clooneys (@the_clooneys) on

Menghadiri sebuah pertemuan PBB, Amal Clooney justru memilih mengenakan gaun hitam dengan motif polkadot putih. Gaun ini memmiliki potongan midi dengan lengan yang cukup panjang. Di bagian lengan dibuat potongan terompet yang unik. Untuk membentuk pinggang yang sempurna, Amal mengenakan sabuk bermotif serupa.

Riasan bernuansa nude dipilih Amal Clooney untuk memberikan kesan yang cukup santai untuk kegiatan seserius pertemuan PBB. Sebagai sentuhan akhir, rambutnya bergelombangnya hanya digerai.

2. Tube dress

 
 
 
View this post on Instagram

Sunkissed ❤

A post shared by Amal Clooney (@amalclooneyofficial) on

Kesan kekanak-kanakan justru hilang ketika Amal Clooney menggunakan gaun dengan motif polkadot. Gaun ini memiliki potongan tube yang memiliki aksen lipatan kain polkadot di sisi kanan. Sementara bagian bawah gaun ini memiliki potongan loose panjang yang memberikan ruang gerak yang lebih luas.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Menggemaskan, Aksi Kelinci Selamatkan Kucing

Posted: 29 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seekor kelinci gemuk berusaha menyelamatkan seekor kucing yang terjebak di sebuah ruangan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Tsunami Palu Bertahan di Pengungsian dalam Kondisi Memprihatinkan

Posted: 29 Sep 2018 08:56 PM PDT

Liputan6SCTV, Palu - Satu hari pascagempa dan tsunami yang melanda Kota Palu, Sulawesi Tengah, membuat warga masih trauma. Warga yang tak tidak berani pulang ke rumah, memilih tinggal di sejumlah lokasi pengungsian.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Minggu (30/9), salah satu lokasi yang banyak dipenuhi pengungsi, area halaman rumah jabatan Gubernur Sulawesi Tengah. Beralaskan terpal dan tanpa penerangan, korban gempa mengungsi untuk sementara waktu.

Gempa juga mengakibatkan kantor gubernur rusak. Plafon di sejumlah ruangan banyak yang ambruk, serta membuat dinding bangunan retak-retak. Sementara itu, evakuasi korban masih terus dilakukan oleh tim gabungan. (Galuh Garmabrata)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atlet Nasional Membidik Podium di Rhino X Triathlon Tanjung Lesung

Posted: 29 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Keseruan kejuaraan trilomba lintas alam bertajuk Rhino X Triathlon sudah dimulai sejak pagi saat peserta memulai dengan lomba nomor renang di Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung, Minggu (30/9/2018).Atlet nasional Muhammad Taufik dan Akhmad Jukardi bersama supermodel Kelly Tandiono bergabung dengan puluhan peserta lainnya, memulai nomor balap renang kategori Bull, Rhino dan Eagle.

Managing Director PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung) & Chief of OC, Rully Lasahido didampingi Kepala Dinas Parwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati melakukan flag off Rhino X Triathlon di Pantai Tanjung Lesung.

Atlet Nasional Muhammad Taufik membidik posisi tiga besar di Rhino X Triathlon 2018. Dia akan memaksimalkan hasil terbaik di nomor lari.

Hal yang sama juga diungkapkan Akhmad Jukardi. Dia yakin bisa podium karena sudah melakukan persiapan dengan berlatih sepeda dua kali dalam sepekan.

Sementara itu, Kelly Tandiono cukup senang bisa berpartisipasi di Rhino X Triathlon. Ini menjadi pengalaman pertama bagi Kelly ikut trilomba lintas alam.

"Ini bakal menjadi pengalaman yang menarik dan seru buat saya," katanya seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

 

200 Peserta

Rhino X Triathlon sudah dimulai dengan nomor renang pada Minggu (30/9/2018) pagi di Tanjung Lesung (dok: Vox Populi)

Rhino X Triathlon 2018 diikuti lebih dari 200 peserta dengan MTB XC sekitar 114 peserta dari Indonesia dan Rhino X-Tri 89 peserta dari 7 negara; Amerika, Spanyol, Belanda, Perancis, Selandia Baru, Jepang.

Rhino X-Triathlon digelar dalam 3 kategori yaitu Eagle yang akan mempertandingkan nomor renang 1500 meter, balap sepeda 30 kilometer dan lari 15 kilometer. Sementara kategori Rhino melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer.

Di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori-kategori; Men Elite, Women Open, Men Open dan Men Master.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Korban Gempa Palu Jarah Mobil Tangki dan SPBU Pertamina

Posted: 29 Sep 2018 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah korban gempa nekat menjarah bahan bakar minyak (BBM) yang tersisa di dalam mobil tangki milik Pertamina di Jalan Imam Bonjol, Kota Palu, Sabtu 29 September 2018. Ratusan warga itu secara bergantian menaiki mobil tangki milik Pertamina itu.

Setelah jeriken yang mereka bawa penuh, mereka kemudian membiarkan warga lainnya naik untuk juga mengambil BBM.

"Sudah dari kemarin itu mobil tangki diambili bensinnya sama warga, tidak ada memang petugasnya yang jaga," kata Mawaddah, salah seorang warga yang juga ikut antre, Minggu (30/9/2018).

Basri, warga lainnya, mengaku hal itu dilakukan lantaran kurangnya pasokan bahan bakar pasca-gempa melanda Kota Palu. "Mungkin karena akses jalur darat yang masih susah, sehingga logistik telat datang, termasuk BBM," ucapnya.

 

Jangan Merusak

Sementara itu, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Jalan Pue Bongo, Kota Palu, juga dijarah warga sejak pagi tadi.

"Silahkan ambil minyak, tapi jangan merusak," teriak salah seorang petugas SPBU tersebut.

Warga yang datang membawa jeriken kemudian menyedot BBM yang berada tangki SPBU itu dengan menggunakan selang. Mereka kemudian secara bergantian mengisi jeriken yang mereka bawa.

Kelompok warga lainnya juga mengambil paksa tabung gas elpiji yang berada di SPBU tersebut. Mereka merusak gembok dan rantai yang menyegel tabung elpiji itu.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Salah Banyak Buang Peluang, Manajer Liverpool Pasang Badan

Posted: 29 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Liverpool - Manajer Liverpool Jurgen Klopp membela Mohamed Salah yang performanya kurang optimal pada Sabtu (29/9/2018) malam. Ia menilai Salah hanya berada dalam periode buruk sehingga tidak tampil maksimal.

Menjadi pemain sensasional pada musim lalu, Salah seperti kehabisan bensin bersama Liverpool. Sejauh ini, ia baru mencettak untuk tiga gol buat The Reds.

Dalam laga kontra Chelsea tadi malam, Liverpool berharap pemain asal Mesir ini tampil sebagai pembeda. Namun sayang, Salah tidak tampil optimal pada laga tersebut. Ia melewatkan sejumlah peluang emas yang bisa membawa timnya menjadi juara.

Meski banyak dikritik, di mata Klopp Salah sudah berjuang untuk mengeluarkan kemampuan terbaiknya. "Saya bisa pastikan bahwa pertandingan tadi [vs Chelsea] bukanlah pertandingan terbaik Mo sepanjang kariernya, saya yakin 100%," kata Klopp seperti yang dikutip Sportsmole.

Hasrat Besar

Gelandang serang Liverpool Mohamed Salah. (AFP/Paul Ellis)

Klopp menyebut bahwa Salah sejatinya masih memiliki hasrat yang besar untuk mencetak gol. Namun sayang, dewi Fortuna belum berpihak kepadanya.

"Dia sebenarnya ingin tampil tajam. Dia ingin mencetak gol dari berbagai posisi."

"Peluang pertama yang gagal ia manfaatkan itu karena dia tidak berada dalam posisi yang tepat. Untuk peluang berikutnya, ia lebih memilih untuk mengumpan peluang itu padahal ia bisa menuntaskannya sendiri."

Masalah Mental

Klopp menilai Salah tengah mengalami krisis kepercayaan diri dan mencetak gol adalah obat paling mujarab untuk sang pemain.

"Di pertandingan seperti tadi, momen-momen sulit yang ia rasakan itulah yang menjadikannya seorang pemain kelas dunia. Kegagalannya mencetak gol dan apapun yang terjadi itulah yang membentuknya."

"Mencetak gol itu seperti mengendarai sepeda. Sampai kapanpun, anda tidak akan pernah lupa cara menaiki sepeda dan hal itu juga sama pada mencetak gol." tandasnya.

Berkat hasil imbang, Liverpool harus rela tempatnya di puncak klasemen dikudeta Manchester City yang meraih kemenangan 2-0 melawan Brighton & Hove Albion.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Atasi Rob Semarang, Bendung Karet Kanal Barat Ditargetkan Rampung Januari 2019

Posted: 29 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana tengah menyelesaikan pembangunan sejumlah infrastruktur pengendali banjir di Kota Semarang. Salah satunya yakni bendung karet di sungai Kanal Banjir Barat (KBB).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, nantinya Kanal Banjir Barat berfungsi sebagai penahan intrusi air laut dan menjaga debit air, serta penggelontoran (flushing) sedimen sungai untuk pengendalian banjir di wilayah barat Kota Semarang.

"Progresnya sudah sekitar 54 persen, dari 4 span (karet bendung), saat ini sudah terpasang 2 buah. Direncanakan pada hari Selasa nanti akan dibuka penutup bendungnya, dan mulai dibangun untuk sisi yang satu lagi. Diharapkan sekitar Januari 2019 sudah selesai pembangunannya," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (30/9/2018).

Dia menjelaskan, pada saat musim hujan, air yang masuk di Sungai KBB akan ditahan bendung tersebut. Saat ketinggian air mencapai elevasi 2,5 meter, maka air langsung didorong oleh karet bendungan ke hilir sungai dan masuk ke laut.

Sementara pada musim kemarau bendung karet sepanjang 155,5 meter tersebut juga berfungsi sebagai long storage yang dapat menampung sekitar 700 ribu m3 air.

 

Wisata Air

Seorang pria berada di dekat becak di jalan Yos Sudarso Semarang yang terendam banjir di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (24/4). (Liputan6.com/Gholib)

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana Ruhban Ruzziyatno mengatakan, pengerjaan proyek pembangunan bendung karet KKB tersebut telah dilakukan sejak November 2017 lalu dengan nilai kontrak Rp 147,24 miliar. Konstruksi dikerjakan oleh kontraktor PT Adhi Karya dan Minarta.

Dikatakan Ruhban, dengan tetap terjaganya air di sungai tersebut nanti dapat digunakan sebagai untuk pemenuhan kebutuhan air baku dengan potensi sebesar 100 liter per detik. "Terutama untuk menyuplai kebutuhan air bagi warga di wilayah Barat Kota Semarang," ungkap dia.

Bendung karet KBB Kota Semarang terletak kurang lebih 3 km di bawah Bendung Simongan atau sekitar 1 km di atas jembatan ringroad. Nantinya diharapkan bendung karet yang melintang di sungai KBB juga bisa menjadi area wisata air yang baru di wilayah tersebut.

 

Teknologi AS

Warga membawa sepedanya melintasi banjir rob di jalan Yos Sudarso Semarang di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas (24/4). Banjir akibat pasang air laut masih terjadi di sejumlah titik kota Semarang.  (Liputan6.com/Gholib)

Ruhban mengungkapkan, teknologi karet pada bendung tersebut didatangkan langsung dari Amerika Serikat. Menurutnya dari sisi teknologi, masa umur pakai karet tersebut lebih lama karena terlindungi panel baja.

Selain itu waktu untuk menaikkan dan menurunkan muka air lebih cepat daripada bendung karet tanpa panel baja dan dapat dioperasikan sesuai kebutuhan atau elevasi muka air yg diinginkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ma'ruf Amin dan Kisah Orang Tua Rajin Menanam Pohon

Posted: 29 Sep 2018 08:39 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Ma'ruf Amin menghadiri acara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Timur, di Surabaya, Sabtu (29/9/2018).

Ma'ruf Amin mengaku, dia maju pada kontestasi Pilpres 2019 bukan untuk kepentingan pribadi ataupun keluarga. Apalagi maju sebagai Cawapres di usia yang tidak muda lagi.

Mar'uf mengatakan, dia mau menjadi wakil presiden untuk kepentingan generasi muda.

"Saya akan berjuang bukan untuk saya, bukan untuk keluarga saya. Tapi untuk generasi yang akan datang, untuk generasi milenial," tutur Ma'ruf Amin.

Ma'ruf kemudian mengisahkan kisah seorang yang sudah tua, tapi masih giat menanam pohon. Orang tua tersebut pun sering mendapat pertanyaan dari orang di sekitarnya, mengapa masih mau menanam pohon padahal bisa jadi usianya tidak lama lagi, sehingga tidak sempat menikmati buah dari pohon yang dia tanam.

"Tapi kemudian orang tua itu menjawab, saya menanam pohon ini bukan untuk saya nikmati buahnya. Tetapi untuk generasi yang akan datang yang menikmati hasilnya," kata Ma'ruf.

Ma'ruf menegaskan, jika terpilih nanti, dia akan berupaya membantu Presiden Joko Widodo dalam upayanya membangun landasan agar Indonesia bisa terus berkembang. Terutama di bidang ekonomi yang menurutnya sudah digencarkan Jokowi pada periode sebelumnya.

"Saya ingin bersama beliau meletakkan landasan supaya nanti 2024 Indonesia bisa tinggal landas terutama bidang ekonomi. Jadi 2024 kita sudah miraj (tinggal landas) jangan isra terus," ujar Ma'ruf Amin.

Target 80 Persen Kemenangan

Sementara itu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, menargetkan 80 persen kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jawa Timur. Karena itu, ia meminta seluruh kader PKB solid dan mencoblos nomor 1 pada Pilpres 2019.

"Pak Jokowi pada Pemilu 2014 dulu di Jatim menang 60 persen. Nah, pada 2019 ini Pak Jokowi-Ma'ruf bisa menang 80 persen. Apa kalian siap? sanggup?" teriak Cak Imin.

Sontak, ribuan kader yang hadir menjawab siap dan sanggup memenangkan Jokowi-Ma'ruf di Jatim. Bahkan mereka sanggup memenuhi target 80 persen pemenangan Jokowi-Ma'ruf di Jatim.

"Kami siap satukan Indonesia memenangkan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres," jawab ribuan kader PKB yang hadir.

Menurut Cak Imin, ada alasan utama kenapa Jokowi memilih Ma'ruf sebagai cawapresnya. Di antaranya karena Ma'ruf Amin akan melengkapi program revolusi mental Jokowi.

"Kerja Jokowi sebagai presiden untuk memajukan negara sudah menampakkan arahnya. Namun negeri yang maju tidak ada artinya tanpa kekuatan SDM-nya. Karena itu Pak Jokowi perlu berdampingan dengan Ulama yang akan menentukan ke mana arah bangsa ini harus berjalan," ujarnya.

Cak Imin mengatakan, untuk mewujudkan target 75-80 persen kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Jatim, PKB memiliki tiga lapis gerakan. Lapis pertama kiai utama, lapis kedua kiai menengah, selanjutnya kiai rakyat.

"Kiai rakyat menjadi lapis grass root dengan jumlah yang terbanyak. Itu yang harus diperhatikan," ujar Cak Imin.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Hendy Ahmad, dari Vokalis Band ke Produser Musik

Posted: 29 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Nama Hendy Ahmad Febrian mungkin tak setenar pemilik label rekaman yang sudah ada. Tapi, perjalanan karir CEO Afe Record ini bisa dibilang tidaklah mudah. Proses panjang, penuh perjuangan, berliku dan jatuh bangun sudah dilaluinya. 

Hendy Ahmad pernah menjadi seorang vokalis sebuah band. Namun, karena ketidakcocokan dia diberhentikan. Setelah pisah dari bandnya, Hendy pun mencoba dunia baru dengan menjadi seorang salesman.

"Jiwa muda saya saat itu ingin jadi penyanyi. Makanya bergabung dengan sebuah band sebagai vokalis. Namun perbedaan pandangan dan juga tidak sejalan, membuat saya dikeluarkan dari band. Sempat kecewa dan membuat saya sedikit goyah," ujar Hendy Ahmad saat berbincang kepada media di Bakoel Coffe, Cikini, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Tak lama menjadi salesman, Hendy Ahmad kembali berkecimpung di dunia musik dengan menjadi seorang manajer band. Dirinya menangani band Miladian dari Lampung yang juga masih ada hubungan saudara dengannya.

Dengan pengalaman serta ilmu yang dimilikinya sebagai manager sebuah grup band, Hendy pun memberanikan diri dengan membangun bisnis studio rekaman. Di tahun 2013, ia mendirikan sebuah label rekaman bernama Afe Record. Rejekinya semakin baik, setelah melahirkan anak pertamanya di tahun 2015. Ia memproduksi sendiri lagu 'Pusing Pala Barbie' dengan meminjam suara adiknya yang dijual secara digital.

"Lagu 'Pusing Pala Barbie' versi suara adik saya ya, bukan versi Juwita Bahar, lagunya banyak disukai dan diputar secara digital. Dari situ rejeki saya bertambah baik dan akhirnya Afe Record berkembang," kenang Hendy Ahmad.

  

Menggaet Penyanyi

Hendy Ahmad saat bersama 3 Komposer

Bersama Afe Record yang didirikannya, Hendy Ahmad telah merekam 300-an lagu dengan 12 penyanyi yang berada di bawah bendera bisnisnya itu. Di antara penyanyi besar yang tergabung dengannya antara lain, 3 Komposer, Bemby Noor, Tengku Shafick, Mario Kacang. Ada juga drummer Ungu, Rowman yang membentuk The Row Band. Termasuk single pesinetron Randy Martin. Yang terbaru adalah penyanyi muda asal Surabaya, Adeline. 

"Sampai sekarang saya masih mencari penyanyi berbakat, produktif dengan lagu-lagu yang tentu saya suka. Saya selalu mendengarkan lagu dengan intuisi saya sendiri, termasuk dalam memilih penyanyi. Harapan saya, semoga Afe Record bisa terus bertahan dan melahirkan penyanyi-penyanyi hebat dan juga berkontribusi positif terhadap industri musik Indonesia," ujar Hendy Ahmad.

 

Gandeng Ihsan Tarore

Hendy Ahmad saat bersama Ihsan Tarore

Selain nama-nama artis di atas, yang terbaru Hendy Ahmad menggandeng Ihsan Tarore. Dia menyebut bahwa penyanyi yang pernah ikut ajang kompetisi Dangdut Academy Asia ini akan menyanyi lagi setelah sekian lama vakum.

"Ihsan memang akan nyanyi lagi setelah lama vakum. Dia memang sempat ikut Dangdut Academy Asia, dan setelah ini dia akan bernyanyi pop. Dia bergabung bersama AFE Records sejak dua atau tiga bulan lalu," kata Hendy.

Hendy mengaku tertarik berkerja sama karena menurutnya Ihsan punya nama besar di industri musik. Selama ini menurutnya Ihsan telah membuktikan kapasitas dengan karya-karya terbaik. Apalagi karakter suara Ihsan yang kuat dan lagu-lagu berkualitas.

"Dia udah punya nama, dan kini mau kembali lagi. Tadinya Ihsan mau indie tapi saat workshop di kantor saya, dan dia tertarik. Dia percaya sama progres AFE Records, kami berusaha bisa menjalankan," jelasnya.

 

Saksikan Video berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Barcelona Ditahan Bilbao, Valverde Ungkap Alasan Cadangkan Messi

Posted: 29 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde punya alasan mengapa harus mencadangkan Lionel Messi pada pertandingan kandang melawan Athletic Bilbao di Camp Nou, Sabtu (29/9/2018). Keputusannya nyaris berbuah blunder karena Bilbao menyulitkan Barcelona sehingga mampu imbang 1-1.

Karena Messi pula, Barcelona akhirnya bisa meraih satu poin. Sempat tertinggal lewat gol De Marcos di menit ke-41, Barcelona akhirnya menyamakan skor setelah Messi memberi umpan kepada Munir yang berbuah gol di menit ke-84.

Ini menjadi hasil minor ketiga beruntun bagi Barcelona dalam satu pekan ini. Sebelumnya Barcelona meraih hasil imbang 2-2 lawan Girona dan kalah 1-2 dari Leganes.

Valverde mengaku ingin mementingkan kebutuhan tim dengan mencadangkan Messi. Maklum, Barcelona akan menghadapi Tottenham Hotspur di Liga Champions pada match day kedua, Kamis (4/10/2018) dini hari nanti.

Meski begitu, keputusan Valverde mencadangkan Messi tetap saja dikritik. Apalagi, Barcelona nyaris menuai kekalahan.

 

 

Komentar Valverde

Lionel Messi memberi pengaruh besar di pertandingan Barcelona lawan Bilbao (AP Photo/Manu Fernandez)

Bilbao merupakan salah satu tim yang tak pernah meraih poin dalam 14 kali laga tandang ke Camp Nou. Hasil imbang kemarin menjadi poin pertama mereka di 14 musim terakhir.

"Saat saya mengambil keputusan, saya memikirkan apa yang terbaik untuk tim dan klub saya. Saya selalu lakukan itu sebelum laga, saya tak bisa lakukan ini setelahnya," ujar Valverde seperti dikutip Marca.

"Fans bisa bilang apa yang menyenangkan mereka, tapi saya harus memikirkan apa yang terbaik buat tim saya."

Jadwal Padat

Valverde berpendapat dia harus mencadangkan Messi dan Busquets di tengah jadwal padat yang dijalani Barcelona. Dalam 10 hari, Barcelona harus tampil sebanyak empat kali.

"Saya pikir Messi dan Busquets harus istirahat karena tahu betapa sulitnya laga pada Rabu (Kamis dini hari WIB) nanti," ujarnya.

"Saya tahu ini keputusan berisiko. Namun kalau hasilnya bagus, Anda pasti bertanya soal ini."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Singapura: Kami Siap Bantu Indonesia untuk Menangani Gempa Palu dan Donggala

Posted: 29 Sep 2018 08:29 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala negara Singapura menyampaikan ucapan belasungkawa kepada Indonesia, khususnya bagi para keluarga yang terkena dampak gempa Palu pada Jumat 28 September.

"Atas nama rakyat Singapura, saya menyampaikan simpati sepenuh hati kepada keluarga yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang melanda Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, pada 28 September 2018," kata Presiden Halimah Yacob dalam suratnya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Sabtu 29 September.

"Doa kami selalu bersama rakyat Indonesia selama periode sulit ini," lanjut Presiden Yacob, sebagaimana isi siaran pers yang diterima oleh Liputan6.com pada Minggu (30/9/2018).

Tidak ketinggalan, kepala pemerintahan Negeri Singa, Perdana Menteri Lee Hsien Loong, juga menyampaikan belasungkawa langsung ke Presiden Jokowi terkait gempa Palu.

Dalam suratnya, PM Lee mengatakan dia "sangat sedih mendengar bahwa gempa bumi dan tsunami telah melanda Donggala dan Palu di Sulawesi Tengah".

"Singapura siap memberikan bantuan untuk mendukung upaya evakuasi dan rekonstruksi yang sedang berlangsung di Indonesia," kata PM Lee.

"Saya yakin bahwa Indonesia akan segera pulih dan tetap kuat melewati tragedi yang malang ini," lanjutnya yakin.

Kedutaan Besar Singapura di Jakarta juga menjalin kerja sama dengan pihak berwenang Indonesia untuk mengevakuasi warga Singapura yang berada di Palu, ibukota provinsi itu, demikian pernyataan dari Kementerian Luar Negeri terkait (MFA).

Kemlu Singapura mengatakan pihaknya terus memantau situasi gempa Palu dengan seksama.

"Karena mungkin akan ada gempa susulan, warga Singapura di Sulawesi Tengah dan daerah sekitarnya harus mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, memantau berita lokal untuk pembaruan, dan memperhatikan saran dari pemerintah setempat," kata pernyataan terkait.

"Warga Singapura juga harus tetap berhubungan dengan keluarga dan teman-teman Anda sehingga mereka tahu Anda aman," imbau Kemlu Singapura.

 

Simak video pilihan berikut:

170 Gempa Susulan Hingga Dini Hari

Sejumlah warga memeriksa kerusakan akibat gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (29/9). Gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang menerjang Palu terjadi setelah gempa bumi mengguncang Palu dan Donggala. (AFP /OLA GONDRONK)

Sementara itu, Gempa susulan masih mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah, usai lindu Magnitudo 7,4 melanda kawasan tersebut. Bahkan hingga kini, kondisi memprihatinkan masih menyelimuti Donggala dan Palu.

"Sudah 170 gempa susulan terjadi pascagempa Donggala Magnitudo 7,4 per 30/9/2018 pukul 00.00 WIB. Kondisi Kota Palu dan Donggala gelap gulita. Listrik masih padam dan BBM makin langka," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitter-nya, Minggu pagi.

Dia mengungkap kondisi masyarakatnya saat ini masih belum normal. Aktivitias warga lumpuh usai musibah tersebut.

"Masyarakat banyak yang berada di luar rumah. Masih banyak bantuan yang diperlukan untuk korban gempa," imbuh dia.

Sutopo sebelumnya mengungkapkan terdengar suara-suara orang meminta tolong dari reruntuhan bangunan pada saat malam hari di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

"Petugas banyak yang mendengar suara teriakan minta tolong, tapi tidak ada yang bisa kita lakukan, karena kondisinya masih seperti ini," kata Sutopo di Kantor BNPB, Jakarta Timur, Sabtu 29 September.

Selain itu, pihaknya sampai saat ini masih kesulitan dalam mencari atau mengevakuasi para korban gempa Donggala dan Palu.

"Proses evakuasi mencari korban seperti ini tidak mudah yang kondisinya kalau malam gelap gulita seperti tadi malam," ujarnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: