Kamis, 13 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Saksikan Live Streaming KLY Lounge with Andre Hehanusa, Jumat Sore Ini

Posted: 13 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Andre Hehanusa adalah salah satu komposer dan penyanyi hitmaker tanah air.

Tak heran di acara KLY Lounge with yang digagas Liputan6.com, Bintang.com dan Kapanlagi.com, Andre Hehanusa menjadi salah satu bintang utama.

Acara ini dihadirkan sekali dalam sepekan. Dan, pada episode kedua, tampil nyong Ambon ini.

Pada episode Jumat sore ini, KLY Lounge with Andre Hehanusa secara live streaming dipandu oleh host Nadya Laras. 

Selama kurang lebih 30 menit, Andre Hehanusa bakal menceritakan tentang lagu-lagunya yang populer dan seperti apa aktivitas bermusiknya.

Akankah Andre membawakan lagu Kuta Bali, yang legendaris itu.

 

Temukan jawabnnya dengan menyaksikan :

Acara            :     KLY Lounge with Andre Hehanusa

Hari/Tanggal :     Jumat, 14 September 2018

Waktu           :     16.00 - 16.30 WIB

Tempat         :     Lobi Gedung KLY Gondangdia, Jakarta Pusat

 

Dan, live streaming KLY Lounge with Andre Hehanusa  bisa disaksikan di sini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemerintah AS: Badai Florence Bisa Membunuh Banyak Orang

Posted: 13 Sep 2018 09:34 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Ancaman badai Florence, yang semakin mendekati Pantai Timur Amerika Serikat (AS), disebut berisiko membunuh "banyak orang", para pejabat memperingatkan.

Lembaga Manajemen Darurat Federal (Fema) mengatakan gelombang badai dapat memicu bencana banjir ke daerah pedalaman.

Hampir 1,7 juta orang di sepanjang garis pantai Carolina Utara, Carolina Selatan dan Virginia telah diperingatkan untuk mengungsi sejak beberapa hari lalu, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Jumat (14/9/2018).

Angin kencang dan hujan deras dilaporkan mulai menghantam pantai Carolina Utara, yang menyebabkan banjir awal di beberapa titik. Bersamaan dengannya, sekitar 11.000 sambungan listrik telah dipadamkan sementara waktu demi alasan keamanan.

Saat ini, Badai Florence dilaporkan bergerak dengan kecepatan angin 250 kilometer per jam ke kawasan timur Myrtle Beach di negara bagian South Carolina pada Rabu petang. Badai diperkirakan mendarat secara penuh pada Jumat, sekitar pukul 08.00 pagi waktu setempat.

Meski telah diturunkan ke kategori dua, di mana kecepatan mulai melambat mendekati 165 kilometer per jam, namun Pusat Badai Nasional AS (NHC) tidak mengharapkan banyak perubahan kecuali tetap waspada.

Salah seorang pejabat lembaga Fema, Brock Long, mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada Kamis pagi, bahwa sementara kecepatan angin Badai Florence telah menurun, namun ladang angin dan prediksi total curah hujannya tidak berubah.

"Kemungkinan ada banjir hingga 13 kaki (setara 4 meter) ketika sungai tidak kuat menampung curah hujan yang sangat deras," kata Long, yang juga merupakan seorang ahli meteorologi.

"Jadi ini badai yang sangat berbahaya. Banjir di pedalaman bisa membunuh banyak orang, dan itulah kemungkinan buruk yang akan kita lihat," lanjut Long.

Long menambahkan bahwa orang-orang yang tinggal di dekat sungai, danau, dan dataran rendah di wilayah lintasan Badai Florence adalah yang paling berisiko. Untuk itu, ia mendesak pemerintah memperbanyak operasi evakuasi di daerah pedalaman, sebelum dampak paling buruk benar-benar terjadi.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Tetap Berbahaya Meski Kekuatannya Menurun

Ilustrasi Bendera Amerika Serikat (Wikimedia Commons)

Ramalan cuaca terbaru menunjukkan badai itu melambat hingga nyaris berhenti, ketika menghantam Pantai Timur AS dengan hujan deras sejak Kamis malam hingga kemungkinn Sabtu nanti, 13 hingga 15 September waktu setempat.

Sebagian besar wilayah pantai di dua negara bagian Carolina diprediksi akan diguyur curah hujan antara 50-75 sentimeter.

Myrtle Beach di negara bagian South Carolina memberlakukan jam malam selama 12 jam, mulai dari pukul 19.00 waktu setempat pada hari Kamis.

Banyak SPBU di wilayah tersebut melaporkan kekurangan pasokan BBM, dan tidak akan segera mendapat tambahan stok hingga awal pekan depan. Hal itu, menurut prediksi pengamat, berisiko membuat sekitar tiga juta rumah tangga dan bisnis lumpuh total.

Selain itu, lebih dari 1.400 penerbangan telah dibatalkan, menurut FlightAware.com, karena sebagian besar bandara wilayah pesisir ditutup sehari sebelum prediksi badai datang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

438 Ribu Tenaga Honorer K2 Berhak Ikuti Penerimaan CPNS 2018

Posted: 13 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah memberikan kesempatan bagi sebanyak 438.590 pegawai honorer kategori II (K2) untuk mendaftarkan diri dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 atau penerimaan CPNS 2018 yang menurut rencana dibuka pekan depan.

Dalam lampiran Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 36 Tahun 2018, yang ditandatangani Menteri PANRB Syafruddin pada 27 Agustus 2018 itu disebutkan ada sekitar 438.590 pegawai honorer yang tercatat dalam database Badan Kepegawaian Negara (BKN). Selain itu, memenuhi persyaratan perundang-undangan untuk mendaftar menjadi CPNS Tahun 2018.

Dalam Peraturan Menteri PANRB itu disebutkan, mekanisme/sistem pendaftaran untuk eks Tenaga Honorer K2 itu dilakukan tersendiri di bawah koordinasi BKN.

Pendaftar dari tenaga pendidik dan kesehatan dari eks Tenaga Honorer Kategori II yang telah diverifikasi dokumennya, menurut Peraturan Menteri PANRB itu, wajib ikuti seleksi kompetensi dasar (SKD).

"Pendaftar dari tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer kategori II tidak diberlakukan seleksi kompetensi bidang (SKD)," bunyi peraturan Menteri PANRB itu.

Menurut Peraturan Menteri PANRB itu, pengalaman selama 10 tahun dan terus menerus menjadi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks pegawai honorer kategori II ditetapkan sebagai pengganti SKB.

 

Persyaratan Ikut Penerimaan CPNS 2018

Sejumlah Guru honorer Kategori 2 ( HK2 ) berkumpul di depan gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (23/7). Forum Honorer K2 tersebut berdatangan dari seluruh pelosok Indonesia untuk menyuarakan aspirasinya. (Liputan6.com/JohanTallo)

Persyaratan:

Adapun persyaratan bagi eks tenaga honorer kategori II yang akan ikuti seleksi pengadaan CPNS tahun 2018, menurut Peraturan Menteri PANRB ini, adalah:

1.Usia paling tinggi 35 tahun pada 1 Agustus 2018, masih aktif bekerja terus menerus sampai sekarang.

2.Bagi tenaga pendidik minimal berijazah strata 1 (S1) yang diperoleh sebelum pelaksanaan Seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada 3 November 2013.

3.Bagi tenaga kesehatan minimal berijazah Diploma III (D3) yang diperoleh sebelum pelaksanaan Seleksi Tenaga Honorer Kategori II pada 3 November 2013.

4. Memiliki tanda bukti nomor ujian tenaga honorer kategori II pada 3 November 2013,

5. Memiliki kartu tanda penduduk (KTP).

Ditegaskan dalam Peraturan Menteri PANRB itu, Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah wajib verifikasi kebenaran dokumen tenaga pendidik dan kesehatan eks tenaga honorer kategori II sebelum pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Daftar Harga iPhone XS, XS Max, dan XR Jadi Sorotan

Posted: 13 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja meluncurkan deretan smartphone terbarunya, yakni iPhone XS, XS Max, dan XR pada 12 September 2018 di Cupertino, Amerika Serikat (AS).

Daftar harga ketiga smartphone baru yang Apple ungkap dalam acara tersebut ternyata menyedot perhatian pembaca Tekno Liputa6.com.

Berita lain yang juga bikin penasaran datang dari Rusia menyelidiki insiden lubang misterius di stasion luar angkasa, dan iPhone XR diprediksi bakal jadi seri paling laris.

1. Meluncur 21 September, Ini Harga iPhone XS, XS Max, dan XR

Peluncuran iPhone XS di Apple Event, California. Liputan6.com/Jeko I.R.

Apple akhirnya resmi mengumumkan ketiga iPhone generasi terbarunya, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Perusahaan teknologi yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat (AS) itu pun mengungkap tanggal penjualan ketiga iPhone teranyar ini.

Disampaikan SVP Worldwide Marketing Apple Phill Schiller, iPhone XS, XS Max, dan XR akan dijual di AS pada 21 September 2018. Adapun periode pre-order akan dimulai Jumat besok, 15 September 2018.

Selengkapnya baca di sini

 

2. Rusia Selidiki Insiden Lubang Misterius di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Stasiun Angkasa Luar Internasional paling baik dilihat sekitar satu jam sebelum fajar dan satu jam setelah matahari terbenam. (Foto: NASA)

Anggota awak stasiun luar angkasa internasional (ISS) menemukan lubang yang muncul tiba-tiba di dalam ISS pada minggu lalu.

Beruntung, ia dengan cepat menutupnya dengan plester dan lapisan resin. Meski dinyatakan tidak mengancam keselamatan jiwa, lubang kecil ini sempat mengakibatkan hilangnya sedikit tekanan udara.

Para pejabat Rusia mengatakan ada kemungkinan rencana sabotase dan seseorang mungkin telah dengan sengaja membuat lubang untuk menyabotase modul.

Selengkapnya baca di sini

3. Dibanderol Paling Murah, iPhone XR Diramal Bakal Paling Laris

CEO Aplle Tim Cook dan Apple chief design officer Jonathan Ive melihat produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Tiga iPhone terbaru Apple tersebut merupakan penerus dari iPhone X. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

iPhone XS dan XS Max boleh saja jadi primadona saat peluncuran iPhone terbaru di Apple Event.

Namun, varian iPhone yang lebih murah—iPhone XR—juga tak kalah mencuri perhatian pengunjung.

Berbeda dengan iPhone XS dan XS Max yang hadir dalam layar berpanel OLED, iPhone XR hadir dengan layar LCD Liquid Retina.

Selengkapnya baca di sini

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Giggs Seharusnya Dipercaya Jadi Penerus Ferguson di MU

Posted: 13 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Mantan staf pelatih Manchester United (MU), Rene Meulensteen menyayangkan belum dipercayanya Ryan Giggs sebagai penerus Alex Ferguson. Dia meyakini MU tak akan terpuruk kalau saja membiarkan pria asal Wales itu jadi pelatih.

Ferguson meninggalkan kursi kepelatihan yang ia isi selama 26 musim lamanya. Di tahun 2013, pihak manajemen MU menyerahkan kepercayaannya kepada mantan pelatih Everton, David Moyes.

Ternyata, memilih Moyes sebagai pelatih selanjutnya merupakan keputusan yang salah. Sebab sejak dipegang olehnya, MU mengalami keterpurukan dan masih belum meunjukkan perbaikan seperti di era Jose Mourinho ini.

Moyes lalu dipecat pada tahun 2014. Posisi pelatih yang kosong untuk sementara dipegang oleh Ryan Giggs pada waktu itu, hingga akhirnya MU menunjuk Louis van Gaal sebagai nahkoda selanjutnya.

Menilik ke belakang, Meulensteen merasa bahwa Ryan Giggs seharusnya memang dipertahankan pada saat itu. Sebab baginya, Giggs sudah cukup kenal luar dalam MU berhubung ia telah menjadi bagian klub selama 27 tahun lamanya.

"Mengetahui Ryan Giggs tertarik melangkah ke dunia kepelatihan - dia sedang mengerjakan lisensinya - dia kenal MU luar dalam. Budayanya, identitasnya, dia tahu semuanya," ujar Meulensteen kepada Evening Standard.

"Ditambah dengan kami [staf Ferguson] masih berada di sana, dan juga Ferguson, itu bisa jadi skenario yang ideal. Itu hanyalah jalan lain, strategi lain, yang saya pikir bisa saja berhasil," lanjutnya.

 

Soal Pelatih dari Luar

Tingkah Manajer Manchester United Jose Mourinho saat timnya menghadapi Leicester City dalam Premier League Inggris di Old Trafford, Manchester, Inggris, Jumat (10/8). (AP Photo/Jon Super)

Menurutnya, menunjuk sosok yang tidak mengenal United, siapapun itu merupakan langkah buruk. Sebab level yang sudah ditetapkan oleh Ferguson pada waktu itu tak bisa disamai oleh pelatih-pelatih lainnya.

"Membawa seseorang dari luar, saya langsung tahu kalau itu tidak akan berhasil siapapun dia. Tetapi pastinya itu menjadi langkah besar untuk David Moyes karena dia belum pernah bermain dan bekerja di level yang sama," tambahnya.

"Bila mereka berkata ingin membawa Mourinho dulu, atau Carlo Ancelotti, Pep Guardiola ataupun Jupp Heynckes, yang pernah bekerja di Real Madrid, Barcelona, dan Bayern Munchen, mereka tidak akan terpengaruh," sambungnya.

"Mereka tahu ekspektasi klub. Mereka menghormati dan paham pentingnya 26 tahun masa jabatan Ferguson," katanya.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kasus Narkoba Ozzy Albar Berkaitan dengan Fachri Albar?

Posted: 13 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tertangkapnya Ozzy Albar karena kasus narkoba membuat polisi mengusut siapa pemasok barang haram tersebut ke tangan putra sulung rocker Achmad Albar.

Ada kabar, kasus narkoba yang melibatkan Ozzy Albar juga berkaitan dengan kasus serupa yang menimpa Fachri Albar.

Namun, pihak kepolisian menegaskan jika penangkapan Ozzy Albar tidak ada kaitannya dengan kasus Fachri Albar.

"Tidak ada kaitannya (dengan kasus Fachri). Itu beda," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Kamis (13/9/2018).

 

Kaitan Keluarga?

Fauzi Albar atau lebih dikenal dengan Ozzy Albar (Instagram/ @ozzy_albar)

Lalu apakah ketertarikan Ozzy konsumsi narkoba ada hubungannya dengan keluarganya? Seperti diketahui selain Fachri Albar, sang ayah Achmad Albar juga pernah mendekam di penjara karena kasus narkoba pada tahun 2007 silam.

Beberapa waktu lalu Ozzy juga barus saja kehilangan adik tercinta Faldy Albar karena mengidap penyakit liver dan maag.

 

 

Didalami Polisi

Anak musisi Achmad Albar, Ozzy Albar (Liputan6.com/Faizal Fanani)

"Terkait masalah itu masih didalami ya makanya mungkin dari kami kan sebatas proses penyidikan terkait masalah latar belakang dan lain-lain. Mungkin nanti dari hasil assessment dari dokter psikologi yang lebih pas untuk menerangkan apakah ada dampak masalah keluarga pribadi itu mungkin nanti dari dokter psikologi," jelas Kasubdit II Ditres Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pihak kepolisian rencananya juga akan memanggil anggota keluarga Ozzy Albar untuk dimintai keterangannya. "Kita akan periksa lah nanti beberapa orang tapi kita lihat pengembangan proses penyidikan," pungkas Dony. (Kapanlagi.com/ Galuh Esti Nugraini)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Jokowi dan Prabowo Akur Kampanye di Medan

Posted: 13 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Warga Medan menyambut Pemilihan Presiden 2019 dengan cara unik. Mereka menampilkan karakter Jokowi dan Prabowo yang menyapa warga di jalanan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ketua PN Medan Dipanggil KPK Terkait Suap Pemulusan Perkara Korupsi

Posted: 13 Sep 2018 09:24 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan Marsudin Nainggolan dipanggil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Marsudin akan diperiksa berkaitan dengan kasus dugaan suap pemulusan perkara korupsi di PN Medan.

"Yang bersangkutan (Marsudin Nainggolan) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TS (Tamin Sukardi)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (14/9/2018).

Marsudin sempat terjaring operasi tangkap tangan (OTT) tim Satgas KPK pada Selasa 28 Agustus 2018. Namun dilepas lantaran belum ditemukan kecukupan bukti keterlibatannya dalam kasus ini.

Selain Marsuddin, penyidik juga menjadwalkan pemeriksaan sejumlah saksi lainnya, yakni dua pengacara Fachrudin Rifai dan Suhardi, staf honorer Wakil Ketua PN Medan Raymondus Candra Lubis serta dua pihak swasta Tandeanus dan Tadjuddin.

"Mereka juga akan diperiksa untuk tersangka TS (Tamin Sukardi)," kata Febri.

Pemeriksaan juga dilakukan terhadap tiga tersangka dalam kasus ini. Ketiga tersangka yang diperiksa yakni hakim Merry Purba, panitera pengganti pada PN Medan Helpandi, serta pengusaha Tamin Sukardi.

Dalam kasus ini KPK menetapkan hakim ad hoc Tipikor pada PN Medan Merry Purba sebagai tersangka kasus dugaan penerimaan suap pemulusan perkara tindak pidana korupsi di PN Medan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Tamin Diadili Merry

Selain Merry Purba, KPK juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka. Yakni Helpandi selaku panitera pengganti PN Medan, Tamin Sukardi selaku pihak swasta serta Hadi Setiawan yang merupakan orang kepercayaan Tamin.

Tamin yang merupakan terdakwa yang tengah diadili oleh Merry memberikan SGD 280 ribu kepada Merry untuk mempengaruhi putusan perkara korupsi penjualan tanah aset negara.

Tamin divonis Merry pada 27 Agustus 2018 dengan hukuman 6 tahun penjara denda Rp 500 juta subsider 6 bulan kurungan. Padahal jaksa menuntut Tamin hukuman 10 tahun penjara.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: 70 Tahun Dicuri Nazi, Lukisan Renoir Dikembalikan ke Cucu Pemiliknya

Posted: 13 Sep 2018 09:20 PM PDT

Tanda tangan Renoir terlihat di sudut lukisan karyanya yang dikembalikan dalam upacara di New York, Rabu (12/9). Lukiskan yang dicuri oleh Nazi itu dikembalikan setelah 70 tahun berkelana dari Afrika Selatan, London, Swiss dan New York. (AP/Mark Lennihan)

Tanda tangan Renoir terlihat di sudut lukisan karyanya yang dikembalikan dalam upacara di New York, Rabu (12/9). Lukiskan yang dicuri oleh Nazi itu dikembalikan setelah 70 tahun berkelana dari Afrika Selatan, London, Swiss dan New York. (AP/Mark Lennihan)

Cucu pewaris terakhir, Sylvie Sulitzer melihat lukiskan karya Renoir yang dikembalikan dalam upacara di New York, Rabu (12/9).

Cucu pewaris terakhir, Sylvie Sulitzer melihat lukiskan karya Renoir yang dikembalikan dalam upacara di New York, Rabu (12/9).

Cucu pewaris terakhir, Sylvie Sulitzer berpose dengan lukiskan karya Renoir yang dikembalikan dalam upacara di New York, Rabu (12/9). Lukiskan itu dikembalikan setelah 70 tahun berkelana dari Afrika Selatan, London, Swiss dan New York. (SPENCER PLATT/AFP)

Cucu pewaris terakhir, Sylvie Sulitzer berpose dengan lukiskan karya Renoir yang dikembalikan dalam upacara di New York, Rabu (12/9). Lukiskan itu dikembalikan setelah 70 tahun berkelana dari Afrika Selatan, London, Swiss dan New York. (SPENCER PLATT/AFP)

Lukisan

Lukisan

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Karena Sinetron Orang Ketiga, Ricky Rantung Ditagih Lagu Cinta

Posted: 13 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Lagu-lagu cinta milik penyanyi Ricky Rantung mulai akrab di telinga masyarakat. Penyebabnya, karena lagu tersebut menghiasi sejumlah adegan di sinetron Orang Ketiga.

Sinetron Orang Ketiga saat ini menjadi tayangan unggulan SCTV. Konflik percintaan Afifah, Rangga dan Yuni, semakin menarik untuk disaksikan setiap harinya.

Saat dialog Rangga dan Afifah berlangsung, misalnya, sayup-sayup terdengar lagu berjudul "Akan Kuberikan Dunia" yang dilantunkan Ricky Rantung.

Lagu tersebut kini populer di situs berbagi video dan aplikasi layanan musik. Ricky Rantung pun mengakui jika lagu-lagunya dikenal berkat sinetron Orang Ketiga.

 

 

Soundtrack Sinetron

Ricky Rantung

"Memang karena yang nonton sinetronnya banyak, orang-orang jadi pada kenal lagu saya," kata Ricky Rantung ditemui di kawasan Grand Wijaya, Jakarta Selatan, Kamis (13/9/2018).

Karena mulai digemari, Ricky Rantung pun mengakui jika dirinya kerap ditagih lagu-lagu bernuansa cinta dan romantisme oleh pendengar musiknya melalui media sosial.

"Banyak yang nanya juga kapan lagu barunya lagi," urainya seraya tersenyum.

 

 

 

 

Lagu Baru

Ricky Rantung

Karena banyaknya permintaan, Ricky Rantung pun mengabulkan permintaan penggemarnya dengan merilis single terbaru berjudul "Karena Ku Tahu Diri".

"Lagu Karena Ku Tahu Diri akan membuat para pendengar baper. Lagu ini bisa menjadi intropeksi diri ataupun motivasi bagi sepasang kekasih yang tidak direstui oleh orang tua pasangannya," penyanyi kelahiran Jakarta, 15 April 1993 ini mengakhiri.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi: Iklan di Bioskop Amanat Undang-Undang

Posted: 13 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menanggapi polemik iklan program kerja pemerintah di bioskop. Belakangan, bioskop menayangkan iklan pembangunan sejumlah bendungan diikuti dengan testimoni seorang petani. Iklan ditutup dengan kutipan dari Jokowi dan tagar Menuju Indonesia Maju.

Jokowi menegaskan, iklan tersebut bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat soal hasil kerja pemerintah.

"Ya masyarakat kan perlu mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya mana yang sudah (pemerintah kerjakan), mana yang dalam proses, mana yang akan dikerjakan. Kita ini ingin menyampaikan apa adanya ya," tegas Jokowi usai membuka Kongres XXXVI Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Auditorium The Forest Resort, Pamoyanan, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/9/2018).

Jokowi mengingatkan, iklan program kerja pemerintah di bioskop sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara.

Di mana, Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai humas pemerintah berkewajiban menyampaikan kepada publik tentang hasil kerja pemerintah.

"Itu amanat undang-undang bahwa baik pembangunan yang sudah selesai atau masih dalam proses atau belum selesai harus terus diinfokan agar mereka (masyarakat) ikuti," jelas Jokowi.

 

Bantah Kampanye

iklan jokowi di bioskop (foto: twitter)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini membantah jika iklan program kerja pemerintah bagian dari kampanye Jokowi sebagai capres petahana di Pilpres 2019.

"Itu kan dari tiga, empat tahun lalu menyampaikan, sudah disampaikan baik lewat Youtube, televisi," tutur dia.

"Kalau dulu kan menteri penerangan yang menerangkan (hasil kerja pemerintah). Masa sekarang suruh diam gini," kata Jokowi sembari menutup mulut.

Iklan program kerja pemerintah di bioskop menuai kritikan dari partai koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Wakil Ketua Gerindra Fadli Zon mengatakan, penayangan iklan milik Kominfo itu menyebabkan masyarakat yang ingin menyaksikan film merasa terganggu.

"Sebaiknya iklan ini dicopot dari bioskop," kata Fadli melalui akun Instagramnya, Rabu (12/9/2018).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pelamar CPNS 2018 Cuma Bisa Daftar di 1 Instansi dan 1 Formasi

Posted: 13 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengumumkan akan membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Pembukaan akan dilakukan pada pekan depan untuk 238.015 formasi. Rincian dari formasi tersebut adalah 51.271 formasi ada di Instansi Pusat, dan sisanya sebanyak 186.744 formasi ada di Instansi Daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin melalui Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018 tertanggal 27 Agustus 2018 menyebutkan, prioritas penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Tahun 2018 untuk:

a. bidang pedidikan

b. bidang kesehatan

c. bidang infrastruktur

d. jabatan fungsional dan

e. jabatan teknis lain.

Dalam Peraturan Menteri PANRB itu ditetapkan beberapa ketentuan dalam pengadaan CPNS 2018, di antaranya adalah:

1. Calon pelamar merupakan lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan atau Kementerian Agama (Kemenag).

Selain itu calon pelamar juga bisa dari lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan program studi yang terakreditasi dalam Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan terdaftar di Forlap Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) saat kelulusan.

2. Instansi dapat menetapkan persyaratan tambahan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing jabatan, kecuali persyaratan akreditasi perguruan tinggi sebagaimana dimaksud.

3. Pendaftaran peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dilakukan serentak secara daring atau online oleh Panitia Seleksi Nasional yang secara teknis dikoordinasikan oleh Badan Kepegawaian Negara melalui portal pendaftaran daring atau online (sscn.bkn.go.id).

"Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu Instansi Pemerintah dan satu formasi jabatan," bunyi tegas Peraturan Menteri PANRB ini seperti dikutip dari laman Setkab, Jumat (14/9/2018). 

 

 

 

Materi Seleksi

Ilustrasi tes CPNS

Peraturan Menteri PANRB ini menegaskan, pelamar dapat mengikuti seleksi apabila dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh Panitia Pelaksana Seleksi CPNS instansi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan.

Adapun materi Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS meliputi:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK);

2. Tes Inteligensia Umum (TIU); dan

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

"Pelaksanaan Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT)," bunyi lampiran Peraturan Menteri PANRB itu.

Materi Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bagi yang dinyatakan lulus SKD, menurut Peraturan Menteri PANRB ini, untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi Pembina jabatan fungsional dan diintegrasikan dalam bank soal CAT Badan Kepegawaian Negera (BKN).

Sedangkan materi SKB untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis, menurut Peraturan Menteri PANRB ini, menggunakan soal SKB yang rumpunnya bersesuaian dengan Jabatan Fungsional terkait.

"Materi SKB pada Instansi Pusat selain dengan CAT dapat berupa: tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik/kesamaptaan, psiko tes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan," bunyi lampiran Peraturan Menteri PANRB ini.

Ditegaskan dalam Peraturan Menteri PANRB ini, pelaksanaan SKB di masing-masing instansi menjadi tanggung jawab Panitia Seleksi CPNS Instansi. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sontekan Gaun Pesta dari 6 Seleb Hollywood Berbagai Usia

Posted: 13 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Michael Kors meng-endorse beberapa selebritas Hollywood dalam acara Town & Country's T&C 50 New Modern Swans akhir pekan lalu. Seperti Catherine Zeta-Jones yang memakai blouse sutra georgette dengan jubah berwarna hitam dan celana crepe dengan aksen flare. Ia juga membawa tas dengan sentuhan brokat floral berwarna merah dan sandal platform berwarna merah muda. Semua yang dikenakannya berasal dari koleksi Michael Kors Fall 2018.

Catherine datang bersama putrinya Carys Zeta Douglas yang mengenakan gaun tule dengan bordir permata, clutch, dan sandal satin. Semua yang dikenakannya berasal dari koleksi Michael Kors Transeason 2018.

 

 

Harley Viera-Newton dan Larsen Thompson

Berikut ini adalah penampilan dari beberapa wanita yang mengenakan busana rancangan Michael Kors di acara T&C50 New Modern Swans. Sumber foto: PR.

Harley Viera-Newton mengenakan kamisol hitam berbahan sutra georgette, rok slip, dan tas kulit. Semua yang dikenakannya berasal dari koleksi Michael Kors Fall 2018.

Berikut ini adalah penampilan dari beberapa wanita yang mengenakan busana rancangan Michael Kors di acara T&C50 New Modern Swans. Sumber foto: PR.

Larsen Thompson mengenakan gaun putih crepe, sandal dari bahan kulit Jacqueline berwarna hitam, dan sebuah clutch mutiara berwarna hitam. Semua yang dikenakannya berasal dari koleksi Michael Kors Transeason 2018.

Destry Allyn Spielberg dan Ella Hunt

Berikut ini adalah penampilan dari beberapa wanita yang mengenakan busana rancangan Michael Kors di acara T&C50 New Modern Swans. Sumber foto: PR.

Destry Allyn Spielberg memakai gaun satin charmeuse berwarna hitam yang dipadukannya dengan sandal satin berwarna senada. Keduanya merupakan koleksi dari Michael Kors Transeason 2018.

 

Berikut ini adalah penampilan dari beberapa wanita yang mengenakan busana rancangan Michael Kors di acara T&C50 New Modern Swans. Sumber foto: PR.

Ella Hunt mengenakan shirtdress viscose berwarna perak dan sandal platform berwarna hitam. Keduanya merupakan koleksi Michael Kors Fall 2018. Mana tampilan favorit Anda?

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Liga Italia Serie A Pekan Keempat: Menunggu Gol Ronaldo

Posted: 13 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Liga Italia Serie A 2018/19 kembali digelar akhir pekan ini. Setelah libur selama UEFA Nations League, jadwal Liga Italia pekan ini memasuki giornata keempat.

Duel Juventus vs Sassuolo menjadi salah satu yang ditunggu di jadwal Liga Italia pekan ini. Nama Cristiano Ronaldo yang baru bergabung dari Real Madrid, dipastikan kembali menjadi sorotan.

Pasalnya, hingga pekan ketiga, belum satu gol pun bisa dia ciptakan untuk Juventus. Padahal, saat masih membela Real Madrid, penyerang asal Portugal itu dikenal rakus gol.

Selain kiprah Ronaldo, sepak terjang Sassuolo juga menarik disimak. Pasalnya, sejauh ini mereka belum terkalahkan. 

Di papan klasemen, Sassuolo juga menempel ketat Juventus di posisi kedua. Berikut selengkapnya jadwal Liga Italia pekan keempat.

Sabtu-Minggu

Sabtu 15 September 2018

20.00 WIB Inter vs Parma

23.00 WIB Napoli vs Fiorentina

Minggu 16 September 2018

01.30 WIB Frosinone vs Sampdoria

17.30 WIB Roma vs Chievo

20.00 WIB Juventus vs Sassuolo

20.00 WIB Genoa vs Bologna

20.00 WIB Udinese vs Torino

23.00 WIB Empoli vs Lazio

Senin-Selasa

Senin 17 September 2018

01.30 WIB Cagliari vs AC Milan

Selasa 18 September 2018

01.30 WIB SPAL vs Atalanta

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Sopir Tidur saat Mengemudi, Truk Kontainer Tabrakan

Posted: 13 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Diduga sopir tidur saat mengemudi, sebuah truk kontainer hilang kendali dan menabrak separator bus Transjakarta.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Malang Flower Carnival Bakal Tampilkan Parade Kostum Bahan Daur Ulang

Posted: 13 Sep 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Ada yang unik dari pelaksanaan Malang Flower Carnival (MFC) 2018. Tahun ini, seluruh kostum peserta karnaval wajib menggunakan bahan daur ulang. Keunikan ini bisa Anda nikmati pada hari Sabtu, 16 September 2018.

Pesertanya dijamin tak ada yang risih. Tak ada yang takut terpapar masalah kesehatan. Maklum, seluruh desain kostumnya sangat higienis. Produk yang ditampilkan juga sangat fashionable. Spiritnya sama. Sama-sama ingin mengkampanyekan pelestarian lingkungan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengacungkan dua jempol atas ide karnaval tahun ini. Apalagi ramah terhadap lingkungan, ia pun tak ragu untuk menyebut MFC 2018 spesial.

"Event-nya keren. Kostum Malang Flower Carnaval itu sudah keliling di berbagai travel mart, festival, dan show di berbagai penjuru dunia. Dan selalu menjadi ajang selfie dan mendapat perhatian khusus pengunjung booth Wonderful Indonesia," ujar Menpar Arief Yahya, Selasa (11/9).

Perlu dicatat, MFC juga pernah mendapat penghargaan di mancanegara. Di antaranya sebagai The Best Performances dalam Parade Budaya Internasional di Moskow Rusia, Best National Costume, dan Miss Queen Tourism Ambassador International, di Kuala Lumpur Malaysia.

Ketua MFC 2018, Agus Sunanada menjelaskan, tahun ini pihaknya akan memberikan warna berbeda. Salah satu peraturan pada peraturan MFC tahun ini adalah, kostum peserta 75% harus menampilkan ornamen bunga. Namun rnamen itu dibuat dari barang-barang bekas. Antara lain berupa plastik, spons, kertas, dan karet sandal.

"Limbah ini bisa didapatkan dari berbagai aktivitas produksi atau konsumsi. Termasuk banyaknya industri sandal yang ada di Malang," ungkap Agus.

Kemasan acaranya? Dijamin keren. Jalan Ijen sepanjang 800 meter yang merupakan salah satu ikon Kota Malang akan dibuat berbunga oleh ratusan desainer dan pelajar. Itu selaras dengan tema Eksotika Bunga Nusantara yang diusung di seri 2018.

Yang ingin ikutan, silakan pilih kategori lomba yang Anda suka. Pilihannya ada dua. Yang pertama, sesi lima anak-anak. Satunya lagi kategori SMA-Umum.

Kategori anak-anak diikuti peserta yang berumur 6-13 tahun. Sedangkan kategori umum berlaku unuk peserta berumur di atas 14 tahun.

Kostum-kostum yang dilombakan dan ikut parade adalah kreasi baru dari para peserta. Sedangkan peserta yang sudah menang tahun lalu tidak lagi bisa mengikuti lomba yang sama. Hadiah yang ditawarkan juga menggiurkan. Yakni uang tunai dengan total Rp 50 juta untuk enam pemenang kelompok dan satu juara The Best Perform.

"Hal ini dimaksudkan untuk memicu kreativitas masyarakat. Dan memunculkan desain baru yang lebih inovatif," terang Agus.

Hasilnya? Ada feedback yang oke dari masyarakat. Cerminannya bisa dilihat dari jumlah peserta yang meningkat hampir 50 persen. Dari 214 peserta pada tahun lalu, kini menjadi 296 peserta.

Pesertanya juga tidak hanya dari Malang. Tapi ada dari Surabaya, Banyuwangi, Jember, Blitar, Pasuruan, Surabaya, Probolinggo, Bondowoso, Kediri, Nganjuk, dan Batu. Mewakili Sulawesi, ada peserta dari Tomohon. Perwakilan Sumatera ada Palembang dan Medan.

Nah, yang ingin menyaksikan serunya agenda ini, silakan datang ke Malang. Pilihan moda transportasinya banyak. Darinmulai kereta, bis, dan penerbangan, semua ada

Pengunjung juga bisa memilih berbagai penginapan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada hotel, guess house sampai homestay yang bisa di hunting di sekitar lokasi acara. Dan semuanya, bisa di googling dengan mudah di internet.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sandiaga: Tak Perlu Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris

Posted: 13 Sep 2018 09:13 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon wakil presiden Sandiaga Uno mengatakan, debat capres tak perlu menggunakan bahasa Inggris.

"Saya rasa enggak perlu ya. Ini pendapat pribadi saya, bahwa bahasa kita adalah bahasa Indonesia. Bahasa yang dimengerti 100 persen oleh orang Indonesia," kata Sandiaga di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2018).

Menurut Sandiaga, bahasa Inggris tidak menjangkau seluruh rakyat. "Bahasa Inggris ya ada yang mengerti tapi kita kan ingin menjangkau seluruh rakyat Indonesia," ucapnya.

Terkait usulan penambahan durasi debat, Sandiaga menilai hal itu juga tidak perlu dilakukan lantaran debat biasanya menjadi tempat saling menyerang.

"Durasi saya pernah ikut pilkada, saya pernah ikut debat, karena menurut saya yang dikhawatirkna debat itu jadi tempat saling serang menyerang. Saya menyarankannya urun rembug aja. Karena keadaan bangsa kita sedang tidak baik. Kalau kita saling debat malah memperlebar kesenjangan dan jarak antara satu kubu dengan kubu lain," kata Sandi.

Saling Beri Saran

Menurut Sandiaga, lebih baik debat diisi dengan saling memberi saran dan masukan. Ketimbang saling serang.

"Judulnya mungkin debat tapi disebelah sana ada presiden yang kita hormati banget. Ada pak kiai guru saya mana bisa kita ngedebat. Kita, kan, harusnya sumbang saran. Karena rakyat akan menyaksikan," tandas Sandiaga.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Dolar Menguat, Begini Strategi Toyota Bantu Pemerintah

Posted: 13 Sep 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Singapura Nilai tukar rupiah terhadap dolar hingga saat ini masih belum stabil, dan masih lebih dari Rp 14 ribuan. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan telah melakukan berbagai kebijakan ekonomi, dan salah satunya pembatasan mobil impor di atas 3.000 cc.

Melalui kenaikan pajak dan bea masuk, pemerintah berharap bisa menstabilkan trade balance antara ekspor dan impor, agar bisa mengurangi defisit neraca perdagangan agar transaksi berjalan positif.

Menurut  Executive GM Manager PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, kebijakan tersebut harus dilihat dari skala industri otomotif keseluruhannya terlebih dahulu. Saat ini, memang pembagiannya sudah jelas, antara completely knock down (CKD) dan completly built-up (CBU), dan pembatasan impor ini pasti berimbas untuk ekspor kendaraan CBU.

"Kalau ekspor CBU terkena, otomatis penjualan turun dan pastinya mempengaruhi market industri otomotif. Kalau awalnya kita tergetkan penjualan antara 1,06 juta sampai 1,18 juta pastinya tidak akan tercapai saat CBU dibatasi," jelas Soerjo saat berbincang dengan wartawan di Singapura, Kamis (14/9/2018).

Lanjutnya, jika bicara Toyota dari total penjualan, sekitar 26 sampai 27 persen memang masih CBU. Namun, sudah sebagian besar diproduksi dalam negeri alias CKD, dan yang paling besar dilakukan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

"Kita sudah investasi, dan lokalisasinya juga sudah 80 persen bahkan ada yang di atas 90 persen. Menyikapi masalah perekonomian di Indonesia, pemerintah akan melakukan segala upaya, entah itu menaikan interest rate atau pembatasan impor, dan tidak hanya untuk industri otomotif tapi semua industri," tegas pria ramah ini.

 

 

Bagaimana Toyota menyikapi masalah ini?

"Pertama, kalau kita bisa mendayagunakan CKD yang sudah ada, dan diperbesar akan sangat baik untuk menggantikan CBU. Kedua, menaikan ekspor yang berarti trade berjalan akan positif, dan kita akan mendapatkan dolar," tegasnya.

Sejatinya, dua langkah strategis yang dilakukan Toyota ini merupakan strategi untuk membantu pemerintah. Pasalnya, tidak ada yang mau jika nilai dolar terhadap rupiah terus tinggi, bahkan mencapai Rp 15 ribu. "Kalau sudah begitu akan kena semua, karena produk akan naik, tidak hanya di otomotif. Dan itu akan berefek ke demand," pungkasnya.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Apple Tawarkan Dual SIM di iPhone Terbaru

Posted: 13 Sep 2018 09:05 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Apple resmi memperkenalkan dua iPhone terbarunya, yakni iPhone XS dan iPhone XS Max. Kedua model ini hadir dengan kemampuan baru, yakni dukungan dual SIM.

Sama seperti smartphone lain yang memiliki fitur serupa, baik iPhone XS dan XS Max dapat menggunakan dua nomor di satu perangkat yang sama. Dengan cara ini, pengguna bisa memakai masing-masing nomor sesuai kebutuhan.

Namun seperti dikutip dari CNET, Jumat (14/9/2018), dukungan dual SIM yang ada di kedua iPhone tersebut berbeda dari smartphone kebanyakan. Alasannya, Apple tidak sepenuhnya menggunakan kartu SIM fisik untuk fitur ini.

Perusahaan asal Cupertino itu menggunakan satu kartu fisik dan eSIM untuk fitur ini. Lewat eSIM pengguna tidak memerlukan kartu fisik saat ingin mengganti nomor yang ingin dipakai.

Fitur dual SIM dan eSIM sendiri bukan barang baru bagi Apple. Sebelumnya, fitur dual SIM sudah sempat hadir di beberapa model iPad dan eSIM tersedia di Apple Watch.

Kendati demikian, fitur eSIM ini tidak akan berlaku di seluruh negara mengingat belum semua operator mendukungnya. Khusus di Tiongkok, Macau, dan Hong Kong, Apple akan merilis iPhone XS Max dengan slot SIM fisik, alih-alih eSIM.

Spesifikasi iPhone XS dan iPhone XS Max

Seorang pengunjung melihat produk baru iPhone saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). Apple merilis tiga iPhone terbaru, yaitu iPhone XS, iPhone XS Max dan iPhone XR. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Apple baru saja memperkenalkan tiga model iPhone versi terbaru. Dalam acara yang digelar pada 12 September 2018 waktu Amerika Serikat itu, Apple merilis iPhone XS, XS Max, dan XR.

"iPhone X merupakan definisi smartphone masa depan. Smartphone ini hadir dengan revolusi fitur Face ID dan modus kamera Portrait Mode. 98 pelanggan kami puas dengan iPhone X," tutur CEO Apple Tim Cook saat peluncuran.

Oleh sebab itu, Apple menghadirkan iPhone XS sebagai penerus smartphone tersebut. Hadir dalam dua model, iPhone X dan iPhone XS Max, smartphone ini memiliki desain identik dengan pendahulunya.

Keduanya tetap mengadopsi desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch di bagian atas. Dalam notch terdapat sejumlah sensor, seperti kamera depan, infraredflood illuminator, sensor ambient lightproximitymicrophone, dan dot projector.

iPhone XS memiliki layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina, sedangkan iPhone XS Max memiliki layar yang lebih besar, yakni 6,5 inci dengan spesifikasi layar serupa.

Kedua iPhone memiliki material stainless steel dengan bezel silver yang menyelimuti pinggiran bodi. Apple turut menyertakan sertifikasi IP68 sehingga kedua model ini tahan air hingga kedalaman 2 meter.

Harga iPhone XS dan XS Max

Pengunjung mencoba iPhone XR saat peluncuran produk baru Apple di Apple Headquarters, Cupertino, California (12/9). iPhone XR dapat dipesan per 19 Oktober di beberapa negara dan mulai tersedia pada 26 Oktober 2018. (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Untuk spesifikasi, iPhone XS dan XS Max dipersenjatai prosesor terbaru Apple, yakni A12 Bionic. Prosesor ini dibekali teknologi Neural Engine dan memiliki 6,9 miliar unit transistor dengan CPU 6 inti.

Seperti biasa, Apple menyediakan tiga pilihan kapasitas penyimpanan untuk kedua iPhone tersebut, yakni 64GB, dan 128GB, dan 256GB.

Urusan fotografi, Apple menghadirkan konfigurasi kamera utama ganda untuk XS dan XS Max yang sama-sama beresolusi 12MP. Keperluan selfie diserahkan pada kamera depan beresolusi 7MP.

Baik iPhone XS dan XS Max hadir dalam tiga pilihan warna, yakni silvergold and space gray. Apple membanderol iPhone XS mulai harga US$ 999 (Rp 14 juta), sedangkan XS Max US$ 1.099 (Rp 16,2 juta). 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sebut Perang Dagang seperti Avengers: Infinity Wars, Pidato Jokowi Jadi Sorotan Dunia

Posted: 13 Sep 2018 09:02 PM PDT

Liputan6.com, Hanoi - Presiden Joko Widodo kembali menarik perhatian dunia, di mana kali ini melalui pernyataan uniknya di tengah pidato pleno dalam pembukaan World Economic Forum on ASEAN, atau forum ekonomi dunia di ASEAN, pada Rabu 12 September, di Hanoi, Vietnam.

Presiden yang akrab disapa Jokowi itu menyinggung beberapa tokoh fiksi berkekuatan super di jagat Marvel, sebagai perumpamaan dalam menggambarkan kondisi perang dagang global saat ini.

Sebelum membahas perang dagang saat ini, sebagaimana dikutip dari Reuters pada Jumat (14/9/2018), Jokowi menyinggung kondisi serupa yang terjadi pada 1930-an, di mana menyebabkan "depresi besar" (great depression) yang memengaruhi tatanan ekonomi global.

Selanjutnya, Presiden ke-7 Indonesia itu menyampaikan di balik putaran perdagangan global saat ini, yang disebutnya cacat. Dengan dibumbui candaan, ia mengatakan bahwa pihaknya adalah bagian dari tim pahlawan super "The Avengers", yang bertujuan mengalahkan ide-ide pemicu konflik dagang.

Jokowi mengatakan bahwa perang dagang antarnegara berisiko membawa populasi dunia menuju "perang tanpa batas" atau "infinity wars", yang mengacu pada film blockbuster dari waralaba Marvel Cinematic Universe.

"Tapi yakinlah, saya dan rekan-rekan Avengers saya siap untuk mencegah Thanos memusnahkan separuh populasi dunia," dia menjelaskan, disambut tawa dan tepuk tangan dari hadirin.

Pernyataan tersebut, sebagaimana dikutip dari situs The Straits Times, memiliki pesan yang ditujukan khusus kepada seluruh pemimpin negara-negara ASEAN, bahwa keterbukaan untuk berdagang tetap menjadi prioritas bagi kawasan, sekaligus menjadi strategi penting untuk pertumbuhan ekonomi.

 

Simak video pilihan berikut:

Tidak Tertuju pada Individu Tertentu

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan pidatonya pada pembukaan World Economic Forum on ASEAN di National Convention Centre di Hanoi, Vietnam, Rabu (12/9). (AP Photo/Bullit Marquez)

Komentar Presiden Joko Widodo itu datang ketika Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, gencar meningkatkan tarif pada impor barang dari berbagai negara di seluruh dunia, termasuk China, Kanada, dan Uni Eropa.

Akan tetapi, Jokowi segera menjelaskan, "Thanos tidak merujuk pada sosok individu mana pun, maaf mengecewakan Anda."

"Thanos adalah keyakinan sesat bahwa agar kita berhasil, yang lain harus menyerah. Dia adalah persepsi yang salah bahwa kenaikan beberapa tentu berarti penurunan orang lain," kata Joko Widodo.

Dikutip dari Gulf Times, para pemimpin negara di KTT WEF regional tahun ini, secara tegas menilai bahwa kawasan ASEAN perlu untuk segera memiliki proteksionisme menyeluruh, guna mengahdapi kehancuran akibat hambatan-hambatan dagang di tingkat global.

Disebutkan juga bahwa perdagangan di kawasan ini telah tumbuh dengan kecepatan yang sangat tinggi dalam satu dekade terakhir, mentransformasikan beberapa negara termiskin di Asia Tenggara ke dalam jajaran pengekspor paling menjanjikan saat ini.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3: Dijual Murah, Lokasi Rumah Ini Bikin Merinding

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Rumah merupakan kebutuhan utama yang paling diperlukan oleh setiap orang. Namun karena lahan tempat semakin mahal saat ini, turut membuat harga rumah menjadi tinggi. Bukan jadi hal yang mengejutkan kalau harga rumah bisa ratusan juta sampai miliaran.

Tapi baru-baru ini di Facebook, ada satu akun yang berniat jual rumah dengan harga yang sangat murah. Dijual Rp 13 juta, sang pemilik rumah ternyata sedang butuh biaya mendesak.

Tentu semua orang tertarik untuk melihat bagaimana bentuk rumah di foto. Walaupun dari luar, rumah kelihatan bagus tapi saat dilirik lokasinya, malah bikin warganet merinding.

Artikel tentang rumah yang dibanderol dengan harga Rp 13 juta menjadi yang paling terpopuler di kanal Citizen6, Liputan6.com.

Disusul dengan artikel kedua terpopuler yakni 10 spanduk jualan super kocak. Sedangkan artikel empat cerita horo yang tertangkap kamera, menempati ketiga terpopuler.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Bikin Bergidik, Perhatikan Lokasi Rumah yang Dibanderol Rp 13 Juta Ini

rumah dibanderol sangat murah, ternyata... (foto: Facebook/Seperti Seharus Nya)

Memiliki rumah sendiri tentu menjadi impian semua orang. Oleh karena itu, banyak orang yang menabung dengan harapan bisa membeli rumah impian. Namun ada satu hal yang sebenarnya cukup penting namun sering diabaikan orang-orang yang hendak membeli rumah, yakni lokasi jalan.

Nah, baru-baru ini sedang viral sebuah rumah dengan harga yang sangat murah namun nyatanya memiliki lokasi yang cukup mengejutkan.

Selengkapnya..

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

2. 10 Spanduk Jualan Super Kocak, Bikin Fokus Saat Perjalanan Buyar

(Foto rangkuman berbagai sumber)

Supaya jualan laris manis, para pedagang pasti berusaha mempublikasikan dagangan mereka. Salah satu cara agar dagangan mereka dikenal ke publik, bisa dilakukan dengan memasang banner atau spanduk.

Tapi tak selalu spanduk berisi tulisan yang serius soal dagangan yang dijual. Seperti sejumlah spanduk ini misalnya, karena bisa dibilang sangat lucu, spanduk ini jadi menarik perhatian dan sukses bikin ketawa ngakak.

Selengkapnya..

3. 4 Cerita Horor Sosok Mengerikan yang Tertangkap Kamera

Doc: Pixabay - AlexVan

Kita hidup di dunia di mana hampir semuanya ditangkap kamera. Entah berada di toko atau di jalan, Anda pasti tengah terekam kamera. Tapi tidak hanya itu.

Sangat sering kamera keamanan seperti CCTV justru menangkap hal-hal ganjil. Beberapa di antaranya tak dapat dijelaskan, sementara yang lainnya dapat membuat orang panik. Pengguna Reddit berbagi kisah tersebut. Berikut seperti dilansir dari Shared.com.

Selengkapnya..

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bongkar Pasang Direksi Pertamina Bakal Berpengaruh terhadap Kinerja Perusahaan

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara ‎(BUMN) telah bongkar pasang direksi PT Pertamina (Persero), untuk kesekian kalinya pada era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Direktur Eksekutif RefoMiner Institute, Komaidi Notonegoro menilai,‎ bongkar pasang direksi mengganggu kinerja perusahaan, dalam menjalankan program yang telah ditetapkan.

‎"Sedikit banyak akan mengganggu kinerja perusahaaan," kata Komaidi saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Komaidi mengungkapkan, hal tersebut terjadi karena direksi baru akan menyesuaikan terhadap perusahaaan terlebih dahulu, sehingga akan memakan waktu untuk menjalankan program yang telah ada.

"Seperti perusahaan lain, perombakan tentu akan berdampak terhadap penyesuaian figur baru," tutur dia.

Sementara itu, Direktur Ekseutif I‎ndonesia Resources Studies (IRRES) Marwan Batubara menambahkan, bongkar pasang direksi Pertamina akan berdampak pada keberlanjutan visi yang telah dibuat direksi sebelumnya yang tidak diteruskan dan diubah oleh direksi baru.

"Keberlanjutan visi direksi sebelumnya dan yang baru," ucap Marwan.

Marwan menuturkan, Pertamina merupakan perusahaan yang menyangkut hajat hidup orang banyak yaitu menjaga ketahanan energi.

Jika visi yang telah dibuat direksi sebelumnya ‎tidak diteruskan maka perusahaan yang akan jadi korban karena bongkar pasang direksi akan mengganggu keberlangsungan perusahaan, dia mengkhawatirkan akan berujung pada ketahanan energi yang sudah dirancang akan terganggu.

"Kalau tidak sama, perusahaan jadi korban. Intinya ini perusahaan menyangkut hajat hidup orang banyak kepentingan harus dijaga, ketahan energi harus dijaga bagaimana mau bertahan kalau direksinya diganti, itu ketahanan energi terancam," ujar dia.

 

Ini Alasan Kementerian BUMN Rombak Direksi Pertamina

SPBU Pertamina beroperasi penuh di Lombok (Foto: Dok Pertamina)

Sebelumnya, Menteri BUMN Rini Soemarno kembali merombak direksi PT Pertamina(Persero). Keputusan itu tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-242/MBU/09/2018, tertanggal 13 September 2018, tentang Pemberhentian, Pengalihan Penugasan dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

SK itu menetapkan Pahala Nugraha Mansury sebagai Direktur Keuangan dan Ignatius Tallulembang sebagai Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero). RUPSLB ini juga memberhentikan dengan hormat Gigih Prakoso dan Arief Budiman.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno menjelaskan, perputaran Direksi di Pertamina ini merupakan penyegaran dalam rangka penguatan BUMN.

"Kami melihat ini sesuai kebutuhan serta kemampuan dari individu sendiri. Sehingga, alasan pergantian antarjajaran direktur di perusahaan BUMN lebih pada kebutuhan dalam menghadapi tantangan terhadap BUMN ke depannya," kata Fajar, Kamis 13 September 2018.

Arief Budiman menjabat sebagai Direktur Keuangan sejak 2015 – 2018. Selama menjabat sebagai Direktur Keuangan, Arief Budiman mencatat prestasi penting yang mengantarkan Pertamina mencapai kinerja keuangan terbaik pada 2015, meski industri migas dunia kala itu sedang turun.

Dia juga dinilai mampu membangun komunikasi efektif dengan investor dan pemegang obligasi Pertamina, serta telah memperkuat fondasi keuangan Pertamina yang solid sehingga mampu mencapai target-target yang ditetapkan.

SK pemberhentian Gigih Prakoso dan Arief Budiman telah diterima, dan perusahaan mengucapkan terima kasih atas kontribusinya dalam menjaga kinerja keuangan dan operasional Pertamina.

Jabatan Direktur Keuangan Pertamina akan dilanjutkan oleh Pahala Nugraha Mansury. Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk untuk periode April 2017 - 2018.

Sebelumnya, peraih gelar MBA Finance dari Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat, ini pernah bekerja sebagai senior consultant di Booz Allen Hamilton, dan Project Leader pada The Boston Consulting Group hingga 2003. Ia pernah meraih kualifikasi sebagai CFA Charterholder dari CFA Institute.

RUPS juga menetapkan Ignatius Tallulembang menjadi Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia. Ignatius sudah memiliki pengalaman lebih dari 24 tahun di Pertamina.

Beberapa karier yang pernah diembannya antara lain Vice President Refining Project Pertamina dan Komisaris PT Pertamina Lubricants.

RUPSLB juga mengalihkan penugasan Heru Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Megaproyek Petrokimia dan Pengolahan menjadi Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko, menggantikan Gigih Prakoso yang saat ini telah menjabat sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Gas Negara Tbk.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inter Milan Belum Pikirkan Pertandingan Liga Champions

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Milan - Liga Champions akan dimulai pekan depan. Namun, Inter Milan masih belum mau memikirkan laga pertama mereka di ajang ini melawan Tottenham Hotspur.

Bek Nerazzurri, Milan Skriniar mengatakan kepada Mediaset, mereka lebih memikirkan duel melawan Parma di Stadio Giuseppe Meazza dalam lanjutan Serie A, Sabtu (16/9/2018).

"Saya sudah tidak sabar bermain di Eropa bersama Inter Milan, tapi untuk saat ini kami hanya memikirkan liga (melawan Parma) dan meraih kemenangan di hadapan fans kami. Setelahnya baru kami akan pikirkan Tottenham," kata Skriniar.

Laga melawan Parma, kata Skriniar, merupakan ajang pembuktikan konsistensi Inter Milan. Pasalnya, mereka sempat kalah dari Sassuolo dengan skor 0-1 di Reggio Emilia, 20 Agustus lalu.

"Kami tidak bermain baik di Reggio Emilia. Lawan Torino, kami tidak sepenuhnya fokus selama 90 menit setelah babak pertama yang baik," ucapnya.

"Kemenangan 3-0 atas Bologna sangat penting, sekarang kami harus melanjutkan seperti itu, menghadapi setiap laga yang datang," ujar bek Inter Milan berusia 23 tahun tersebut.

Target

Striker Juventus, Gonzalo Higuain, berebut bola dengan bek Inter Milan, Milan Skriniar, pada laga Serie A di Stadion Giuseppe Meazza, Sabtu (28/4/2018). Inter Milan takluk 2-3 dari Juventus. (AP/Antonio Calanni)

Skriniar juga mengungkapkan target pribadinya bersama Inter Milan. Dia ingin menunjukkan performanya bersama Nerazzurri.

"Saya ingin menumbuhkan konsistensi pada pekerjaan yang sudah saya lakukan di tahun lalu," ujar bek asal Slovakia tersebut.

"Yang penting adalah membantu tim karena Inter harus selalu melakukannya dengan lebih baik. Tim sekarang lebih kuat, jadi kami ingin mencapai hasil yang signifikan," katanya menegaskan.

 

Jadwal Inter Milan

Berikut jadwal dua pertandingan ke depan Inter Milan:

15 September 2018

Inter Milan Vs Parma

18 September 2018

Inter Milan Vs Tottenham Hotspur

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kenapa Pria Muda Cenderung Malas Rawat Kulit Wajah?

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

 

Liputan6.com, Jakarta Merawat kulit wajah tampaknya menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh sebagian pria. Padahal merawat wajah juga bisa menjadi investasi jangka panjang bagi pria.

Menurut Dr. Eddy Karta yang merupakan ahli dermatologi, kecenderungan pria malas merawat kulit wajah berkaitan dengan faktor hormon.

Secara umum menurutnya, kulit pria saat puber mengalami perubahan karena adanya faktor hormon testosteron dan hormon tersebut membuat beberapa konsekuensi pada wajah.

"Produksi kelenjar minyak pada wajah jadi banyak. Itu sebabnya pria lebih lambat menua daripada wanita. Wanita usia 30-an kulitnya sudah mulai galau. Kalau pria usia 40-an kulitnya baru galau," ujarnya saat berbincang dalam acara peluncuran salah satu produk perawatan wajah di Jakarta, Rabu.

"Itu alasan kenapa pria di usia awal mereka malas merawat kulit wajah. Mereka merasa bukan investasi jangka panjang," lanjutnya.

Ia menyarankan kepada seluruh pria untuk tidak malu merawat kulit wajahnya, terutama ketika menginjak usia 20-an.

"Usia 20-an itu sudah harus diperkenalkan pada pelembab dan tabir surya," katanya.

Mengenai pemilihan produk perawatan wajah, dia menyarankan untuk menggunakan produk yang mengandung bahan anti oksidan yang sangat bagus bagi kulit.

"Pilih segala macam yang bersifat anti oksidan untuk mencegah reaksi radang kulit sekaligus untuk mencegah efek samping yang berat," tutupnya. (Antara/Yogi Rachman)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kejar-kejaran Polisi, Korban, dan Jambret di Surabaya

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Surabaya - Kepolisian Sektor Tegalsari Surabaya melumpuhkan seorang jambret berinisial YA saat akan menjambret seorang siswa yang dalam perjalanan ke sekolah, kawasan Jalan Kupang Panjaan Surabaya, Jawa Timur.

Kapolsek Tegalsari Surabaya Kompol David Triyo Prasojo mengatakan, korban berinisial ST (15) jadi korban penjambretan saat berangkat ke sekolah menggunakan jasa ojek sepeda motor pada Rabu, 12 September 2018, sekitar pukul 05.30 WIB.

Barang milik korban yang dijambret adalah sebuah telepon seluler merek Iphone 6 Plus.

"Pengemudi ojek bersama korban yang diboncengnya sempat melakukan pengejaran terhadap pelaku yang mengendarai sepeda motor Hoda Beat nomor polisi L-6931-FN," katanya di Surabaya, dilansir Antara.

Aksi kejar-kejaran itu diketahui petugas Polsek Tegalsari yang sedang berpatroli. "Petugas segera melakukan pengejaran, kemudian menabrak pelaku hingga terjatuh," ujarnya.

Usai jatuh, YA tidak menyerah begitu saja. Pria berusia 35 tahun yang badannya penuh tato itu berupaya melawan polisi dan dibalas dengan tembakan di kaki kanannya.

David menginformasikan pelaku dan korban sama-sama warga Kupang Panjaan, Surabaya. "Jadi, pelaku ini menjambret tetangganya sendiri," katanya.

Penyelidikan polisi mengungkap pelaku YA adalah mantan tenaga satuan pengamanan yang pernah bekerja selama tiga tahun di sebuah pusat perbelanjaan di Kota Surabaya.

"Dalam aksi penjambretan ini dia bekerja tunggal, atau sendirian," katanya.

Kepada polisi, pelaku YA mengaku baru sekali ini menjambret. Namun, David mengaku tidak percaya begitu saja.

"Itu 'kan yang tertangkap baru sekali. Polisi masih mengembangkan penyelidikan barangkali ada korban di tempat kejadian perkara lain yang pernah menjadi korbannya," ucap David.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Tiga Muncikari Gadis di Bawah Umur Dibekuk Petugas

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tiga muncikari dibekuk polisi lantaran menawarkan gadis di bawah umur pada pria hidung belang melalui jejaring sosial.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Edric Tjandra Pastikan Gelar Pernikahan di Luar Jakarta

Posted: 13 Sep 2018 09:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Edric Tjandra tidak lama lagi akan melepas masa lajangnya. Edric Tjandra sudah memantapkan hati untuk segera menikah dengan tambatan hatinya.

Selama ini, Edric Tjandra memang sedikit menutupi hubungannya dan identitas sang kekasih. Begitu pun saat ditanya soal persiapan jelang pernikahannya.

"Ya tinggal ngurusin printilan aja gitu, konsepnya nanti aja kita kasih tahu. Nanti kalian diundang lah. Kalau persentase aku enggak ngerti sih ya, pokoknya kita tinggal detil-detilnya," ujar Edric Tjandra, di Jalan Kapten Pierre Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (12/9/2018).

Yang pasti, Edric Tjandra mengatakan bahwa pesta pernikahannya itu tidak digelar di Jakarta. Ada alasan yang mendasari keputusan Edric Tjandra tersebut.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

Di Luar Kota

(Instagram/edrictjandra)

"Di luar Jakarta pokoknya, yang pasti saya enggak ngadain di Jakarta. Biar intimate aja, kekeluargaan. Yang datang orang paling deket buat saya, enggak terlalu banyak, enggak terlalu dikit," lanjut Edric Tjandra.

 

Jawaban

(Instagram/edrictjandra)

Sementara itu soal sosok perempuan yang akan dinikahinya itu, ia menganggap bahwa kekasihnya adalah jawaban dari doa-doa yang sudah ia panjatkan selama ini.

"Ini jawaban doa saya juga, bahwa Tuhan sudah ngasih calon istri sesuai doa saya. Dia itu pasangan yang saling melengkapi dan sepadan," tutup Edric Tjandra.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Iklan Jokowi, Sandiaga: Orang Sebal ke Bioskop Lihat Iklan

Posted: 13 Sep 2018 08:58 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Iklan milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di bioskop kini menjadi sorotan masyarakat. Iklan mengenai pencapaian pemerintah itu dianggap sebagian warga sebagai kampanye terselubung pasangan calon Presiden Joko Widodo-Maruf Amin.

Bakal Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno angkat bicara mengenai iklan tersebut.

"Saya mesti mikir sih terus terang saja. Karena masyarakat sudah tahu sendiri gitu. Kalau saya, saya akan bilang sama tim kampanye saya jangan taruh iklan di bioskop," kata Sandi di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (14/9/2018).

Menurut Sandiaga, warga datang ke bioskop untuk nonton film, bukan melihat iklan.

"Karena orang datang ke bioskop itu pingin nonton film, begitu ada iklan eeehhh sebal gitu. Tapi ya intinya saya engga bisa komentar terhadap...kalau pencapaian pemerintah dan sebagainya itu kan memang ada anggarannya untuk disosialisasi dan dalam masa kampanye gini, pasti bisa dianggap bagian dari kampanye," ucapnya.

Namun, Sandiaga menilai bila iklan itu tidak melanggar peraturan maka tidak ada yang perlu dibesar-besarkan.

"Tapi bagi saya yang penting ada enggak undang-undang yang dilanggar? Ada enggak peraturan dan ketentuan yang dilanggar? Kalo enggak ya enggak usah terlalu dibesar-besarkan. Buat saya, woles sajalah," katanya.

Diketahui, Iklan berjudul "2 Musim, 65 Bendungan" itu diputar sebelum penayangan film di bioskop.

Iklan tersebut menampilkan pembangunan sejumlah bendungan diikuti dengan testimoni seorang petani dan ditutup dengan kutipan dari Presiden Jokowi dan tagar MENUJUINDONESIAMAJU.

Bantah Kampanye

Sandiaga Uno (Liputan6.com/Delvira)

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, menegaskan, iklan pemerintah yang ditayangkan di bioskop bukan kampanye. Menurutnya iklan tersebut sebagai cara pemerintah mensosialisasikan kinerja.

"Ini bukan soal kampanye, pemerintah ini, pemerintah bukan Pak Jokowi pribadi sebagai capres," kata Sekjen PKB itu di kantor TKN Jokowi-Ma'ruf, Jakarta Pusat, Rabu 12 September 2018.

Menurutnya, sudah menjadi tanggung jawab moral dan politik seorang presiden kepada rakyatnya untuk menunjukkan apa yang telah dikerjakan.

"Pemerintah perlu sosialisasikan seluruh kesuksesannya supaya masyarakat tau itu juga tanggung jawab moral dan politik kepada rakyat," ujarnya.

Karding menilai berbahaya kalau pemerintah dilarang menyosialisasikan kinerjanya. Dia menyebut masyarakat perlu tahu apa kerja pemimpin yang dia pilih. Hal itu bisa melalui iklan bioskop atau media lainnya.

"Coba bayangkan kalau pemerintah saja sudah dilarang untuk sosialisasikan kinerjanya? Itu sudah bahaya. Karena masyarakat perlu tahu apa yang anda lakukan sudah dipilih jadi pemimpin. Salah satunya lewat bioskop, lewat mana saja," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ingin Tahu Semarang Tempo Doeloe? Yuk, Datang ke Festival Kota Lama 2018

Posted: 13 Sep 2018 08:55 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Semarang selalu bisa memberikan kesan mendalam untuk para wisatawan yang datang. Meski terus membangun layaknya kota besar, Ibukota Provinsi Jawa Tengah itu tidak pernah melupakan sisi tradisional. Nah, kalau kalian ingin tahu seperti apa Semarang tempo doeloe, ada baiknya berkunjung ke kawasan Kota Lama, 20-23 September nanti.

Kenapa harus datang? Karena di saat itu digelar Festival Kota Lama. Momennya sangat matching dengan pecinta heritage. Apalagi, pada abad 19-20 Kota Lama adalah pusat perdagangan.

Untuk mengamankan warga dan wilayahnya, maka di kawasan itu dibangun benteng Vijhoek. Di dalam benteng, ada jalur yang mempercepat perhubungan antar ketiga pintu gerbang. Jalan utamanya dinamai Heeren Straat atau sekarang lebih dikenal dengan nama Jl. Letjen Soeprapto.

Kawasan Kota Lama Semarang disebut juga Outstadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare. Dilihat dari kondisi geografi, tampak kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga mendapat julukan "Little Netherland".

Di Festival Kota Lama, Kita akan dibawa ke suasana yang benar-benar lawas. Selawas lagu Jangkrik Genggong yang liriknya benar-benar membuat kita terkenang ke masa lalu. "Semarang Kaline Banjir ja sumelang ra dipikir". Begitulah kira-kira salah satu penghalan liriknya yang sangat tenar.

"Tahun 2015 lalu Kota Lama Semarang masuk dalam list tentatif World Heritage UNESCO, jadi semuanya harus terus disiapkan menjadi destinasi Internasional. Adanya festival ini semakin mempopulerkan Kota Lama di Semarang, Jawa Tengah," ujar Plt Deputi Pengembangan Pemasaran 1 Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani di Jakarta, Rabu (12/8).

Salah satu festival terbesar di Semarang itu, akan mengangkat tema "Collaboration in Diversity". Wisatawan bersama masyarakat Semarang diajak bersenang-senang sambil mengangkat Kota yang terkenal dengan sebutan kota Atlas. Kota yang multikultural. Disamping itu, Semarang adalah kota tempat merawat kenangan.

"Hal Itu dibuktikan dengan banyaknya bangunan kuno yang masih berdiri dan terawat hingga kini. Contoh lainnya, di Kota Atlas ini wisatawan dapat menemukan penjual jajanan lawas nan legendaris yang sudah bertahan hingga 3 sampai 4 generasi. Artinya sudah berlangsung antara 80 hingga 100 tahun," ujar Ni Wayan Giri Adnyani.

Tanggapan Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional II Kementerian Pariwisata Sumarni, juga nyaris sama. Baginya, Festival Kota Lama menjadi sebuah cawan. Eventnya mengarah kangen kenangan, bukan sekedar kangen-kangenan.

Akan ada banyak hal yang bisa membangkitkan kenangan selama festival berlangsung. Tidak hanya untuk yang sudah berumur, namun juga dapat dinikmati untuk remaja milenial hingga anak-anak.

"Festival Kota Lama 2018 akan menjadi ruang persahabatan. Karena, Semarang menjadi mealting pot seluruh kebudayaan. Mulai dari Tionghoa, Arab, Melayu, hingga Belanda. Ini diharapkan menjadi kegiatan berskala internasional dengan bekerjasama dengan beberapa pihak mancanegara. Untuk mengobati ruang rindu masyarakat pada Semarang tempo dulu," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan menambahkan, Festival yang sudah 7 kali digelar ini akan dilaksanakan pada pukul 16.00 hingga 22.00 WIB setiap harinya, kecuali di hari Minggu yang dimulai lebih awal pukul 12.00 WIB.

Serangkaian acara dapat dinikmati. Seperti Pameran Kangenan, yang memampang kekhasan Semarang disertai informasi menarik. Juga beragam atraksi menghibur, dan pernak pernik yang meleburkan sejarah dan kebudayaan. Seperti tari tradisional, fashion show batik semarangan terkini.

Ada juga Pasar Sentiling yang berisi aneka kuliner legendaris seperti jamu jun, lumpia, ganjelrel, dan masih banyak lagi. Kuliner lumpia asal Semarang juga akan tampil. Tidak tanggung-tanggung, akan ada stand Bonlancung. Yaitu kampung pembuatan kulit lumpia terbesar yang ada di Indonesia.

Para wisatawan dijamin tidak bakal kesepian. Akan ada performa musik jazz dari Nial Djuliarso dan Tohpati yang siap menghibur Anda. Di samping itu Anda dapat menjelajah Kota Lama dengan segala romantismenya. Juga terdapat penyelenggaraan Temu Pusaka Indonesia yang bekerja sama dengan BPPI dan Pekan Film Semarang bersama dengan Sineroom.

Menteri Pariwisata Arief Yahya ikut bicara soal Festival Kota Lama 2018. Dia mengaku sangat senang lantaran Semarang mulai rajin membuat even kreatif yang bisa mendatangkan banyak wisatawan.

"Ini bagus sekali. Kota Lama Semarang sudah masuk radar UNESCO karena daerahnya yang berpotensi menjadi Warisan Dunia. Lewat even-even kreatif seperti ini, mata dunia akan terus mengarah pada Semarang," ujar Arief.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Melihat Kekuatan India, Lawan Timnas Indonesia U-16 di Piala AFC 2018

Posted: 13 Sep 2018 08:50 PM PDT

Jakarta - Timnas India U-16 akan menjadi satu di antara lawan Timnas Indonesia U-16 pada fase penyisihan grup Piala AFC U-16 2018. India dan Indonesia, bersama Vietnam dan Iran, berada di Grup C.

Dibandingkan Vietnam, yang kekuatan dan kelemahannya sudah dirasakan sendiri oleh Timnas Indonesia U-16 saat Piala AFF 2018, tim India dan Iran bisa dibilang masih terasa asing bagi pasukan Garuda Asia.

India, secara khusus, oleh beberapa media massa di Vietnam, disebut sebagai tim paling lemah di Grup C sedangkan Indonesia, kekuatannya cukup berimbang. Benarkah demikian?

Sejatinya, Timnas India U-16 tak pantas dipandang sebelah mata. Tim asuhan pelatih Bibiano Fernandes ini sudah bersama sejak dua tahun terakhir, termasuk ketika menjuarai turnamen SAFF U-15 2017 dengan catatan 100 persen tak terkalahkan.

Selanjutnya, Manish Chadhury dkk. ditempa dalam rangkaian pemusatan latihan di dalam dan luar India seperti di Goa dan Qatar serta menggelar banyak uji coba. Bukan sekadar uji coba karena mereka bertemu tim-tim kuat di Asia serta Eropa.

Media di India, seperti Khelnow, menulis, Timnas India U-16 memainkan permainan agresif. Permainan yang diusung itu mampu menandingi kekuatan lawan selama uji coba, seperti menekuk Besiktas 5-1, menumbangkan Timnas Kamerun U-16 2-1. Seluruh uji coba itu dimainkan di Turki.

Timnas India U-16 proyeksi Piala AFC U-16 2018 juga mengikuti berbagai turnamen internasional untuk menambah jam terbang pemain, seperti tampil di India-Mesir Cup (Mesir), the Jockey Cup (Hong Kong), MIC dan Sportchain Cup di Spanyol, yang juga diikuti tim semisal China, Serbia, serta Yordania.

Sejak Januari 2017, timnas berjulukan The Blue Colts ini sudah menjalani lebih dari 50 puluhan pertandingan, baik uji coba maupun laga resmi.

 

Pemain Andalan

Timnas India U-16 di bawah pelatih Bibiano Fernandes kerap mengusung skema 4-3-3. Pemain andalan untuk mengisi skema itu adalah Niraj Kumar (kiper), Thoiba Moirangthem dan Gurkirat Singh jadi jantung pertahanan, ditopang bek sayap Shabas Ahammed serta Samir Karketta.

Kemudian gelandang bertahan diprediksi jadi tugas Lalchhanhima Sailo, Givson Singh dan Ridge Demello jadi gelandang kreatif. Trisula lini depan diisi Bekey Oram (sektor kiri), Pratap Singh (kanan), dan Rohit Danu akan jadi ujung tombak.

Lantas bagaimana peluang Timnas India di Piala AFC U-16 2018? Melihat persiapan dan kesiapan, Timnas India U-16 diyakini jadi satu di antara tim tangguh serta berisi pemain pekerja keras di Asia saat ini. 

Di bawah arahan pelatih Bibiano Fernandes, antarpemain di Timnas India U-16 memiliki ikatan kuat dan sudah cukup ditempa di lapangan. Untuk bisa lolos dari fase penyisihan grup Piala AFC U-16 2018, India menargetkan dua kemenangan. 

Sejak beberapa hari lalu the Blue Colts sudah berada di Malaysia. Sama halnya Indonesia, Pratap Singh cs. berangkat lebih dini sebagai bagian adaptasi dengan kondisi di Malaysia.

Di sisi lain, pelatih Timnas Indonesia U-16, Fakhri Husaini, mengaku sudah mengantongi rekaman pertandingan India. Secara khusus, ia mengakui rata-rata pemain Timnas India U-16 memiliki postur badan lebih tinggi dan besar ketimbang tim asuhannya.

Namun, ia menyebut tim asuhannya tak akan gentar meladeni India. Jika merujuk uji coba terakhir, Indonesia punya peluang merebut tiga angka. Rujukannya, kedua tim sama-sama pernah menjajal Timnas Oman U-16. Hasilnya, India kalah 1-2 (20/8/2018) sedangkan Indonesia bermain 3-3 kontra Oman (12/9/2018).

Duel Timnas India U-16 versus Indonesia di penyisihan Grup C Piala AFC U-16 2018 tersaji di Stadion UM Arena, Kuala Lumpur, 27 September 2018.

Sumber: Bola.com

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Posisi Kepala Daerah di Timses Jokowi-Ma'ruf Ditetapkan 20 September

Posted: 13 Sep 2018 08:47 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf mengatakan, posisi kepala daerah yang akan mendukung dipastikan akan disesuaikan dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Posisi kepala daerah yang mendukung paslon Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf Amin, TKN akan selalu mengikuti perundangan dan aturan yang berlaku," ucap Wakil Sekretaris TKN Verry Surya Hendrawan di Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Dia menegaskan, salah satu tugas dari Bidang Konsolidasi dan Organisasi TKN adalah membentuk tim kampanye daerah (TKD) di 34 provinsi dan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

Sekjen PKPI ini mengungkapkan, posisi kepala daerah akan sangat jelas setelah struktur TKD resmi ditetapkan sekitar tanggal 20 September 2018.

"Posisi para kepala daerah akan sangat jelas dan resmi dapat disampaikan, setelah stuktur TKD resmi ditetapkan dan disahkan TKN, selambatnya pada 20 September 2018," pungkas Verry.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat TKN Garda Maharsi menerangkan sudah ada beberapa daerah yang merampungkan susunan TKD Jokowi-Ma'ruf.

"Beberapa (Provinsi) sudah selesai kemudian menyampaikan surat berikut draft struktur kepengurusan ke Tim Kampanye Nasional KIK," ucap Garda di Jakarta, Selasa 11 September 2018.

Dia menuturkan, salah satu provinsi yang sudah rampung di antaranya Banten.

"Hari ini yang baru masuk Provinsi Banten. Besok ada 3 Provinsi lagi. Provinsi Banten sudah masuk dan diapresiasi luar biasa, sebagai bagian dari bukti nyata dukungan dan rasa memiliki rakyat Banten terhadap pemerintahan Jokowi," jelas Garda.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Didukung Tokoh Banten

Sejumlah Tokoh Banten masuk di dalamnya. Di antaranya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah dan Ketua DPD PDIP Provinsi Banten Asep Rahmatullah.

"Beberapa nama tokoh daerah masuk di dalamnya, seperti Asep Rahmatullah, Ratu Tatu Chasanah dan lainnya," ungkap Garda.

Dia pun menegaskan, beberapa Provinsi sisanya akan segera menyusul dalam beberapa hari ke depan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mentan: Tak Ada Alasan Pedagang Naikkan Harga Beras

Posted: 13 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan tidak ada alasan harga beras naik di pasar meski di tengah musim kemarau. Hal itu dia pastikan usai melakukan sidak di Pasar Raya Kramat Jati, Jakarta Timur, dengan didampingi oleh Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso.

"Kami ingin memastikan kondisi beras di hilir yaitu di pasar," kata Amran, Jumat (14/9/2018).

Selama ini ada informasi simpang siur mengenai kondisi stok beras di pasar. Beberapa mengatakan sangat kurang sehingga bisa menimbulkan kenaikan harga. 

"Banyak informasi yang simpang siur. Pertama, kami harus yakinkan hari ini lagi bahwa produksi di musim kering itu tetap berjalan dengan baik," ujarnya.

Dia melanjutkan, paradigma yang terbangun selama ini jika musim kering atau musim kemarau tidak ada produksi beras karena petani tidak menanam padi. Padahal anggapan tersebut sangat tidak benar. 

Dengan adanya perkembangan teknologi, meskipun musim kemarau petani tetap bisa menanam dan berproduksi. 

"Dengan menggunakan teknologi baru kita meningkatkan tanam di musim kering yang biasanya 500 ribu hektare menjadi 1 juta hektare, naik dua kali lipat pada saat musim kering. Saya ulangi, tanaman naik dua kali lipat pada musim kering, karena itu target kita," ujarnya.

Hal itu dapat terwujud karena adanya inovasi baru berupa pembangunan embung yang difungsikan untuk mengairis sawah pada musim kemarau.

"Kami bersama Kementerian Desa membangun 30 ribu embung. Kami membangun irigasi tersier, sekunder, primer bersama kementerian PUPR. Kami membangun sumur dangkal sumur dalam, kami mengirim pompa, sehingga hasilnya bisa tanam di musim kemarau." kata dia. 

Oleh sebab itu, Amran menegaskan pada kemarau kali ini produksi beras tetap berlimpah dan tidak akan membuat kondisi harga di pasaran melonjak.

 

Harga Beras Wajar

Pekerja menurunkan karung beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (15/1). Wagub Sandiaga Uno mengatakan Pemprov DKI akan selalu membeli beras Sulawesi dan Banten karena lebih memprioritaskan beras dari petani. (Liputan6.com/Immanuel Antonius)

Selain itu, berdasarkan hasil pantauan, Amran mengungkapkam harga jual beras di tingkat pedagang masih wajar.

"Harga terendah yang kami cek Rp 8.250 per kg. Kesimpulannya tidak ada alasan harga naik khususnya untuk beras," jelas dia. 

Ia melanjutkan, saat ini gudang beras telah penuh. "Sekarang gudangnya full. Full betul dan sudah sewa gudang untuk 500 ribu ton. Artinya stok gudang juga melimpah." kata dia. 

Amran pun meminta seluruh pedagang beras di Indonesia untuk tidak memainkan harga untuk pembeli.

"Sekali lagi kami katakan tolong saudaraku sahabatku semua pengusaha beras se Indonesia tolong jangan ada menaikkan harga, tolong jual lah ambil untung iya, target kita bagaimana petaninya juga sejahtera sekarang ini kesejahteraan petani kita perhatikan. Pengusahanya untung, juga konsumennya tersenyum dan senang." tutup dia. 

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSG Pantang Remehkan Liverpool

Posted: 13 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Paris - Dalam lima hari ke depan, Paris Saint-Germain (PSG) akan menantang Liverpool di Stadion Anfield pada matchday pertama Liga Champions Grup C. Bek PSG, Dani Alves, meminta rekan setimnya tidak meremehkan Liverpool.

Saat ini, PSG berada di puncak klasemen Liga Prancis dengan catatan sempurna, empat kemenangan di laga awal. Mereka juga memiliki pemain termahal dunia, Neymar dan pemenang Piala Dunia 2018, Kylian Mbappe.

Namun, Alves mengingatkan rekannya untuk waspada. Pasalnya, Liverpool merupakan finalis Liga Champions musim lalu.

Tak hanya itu, The Reds, julukan Liverpool, juga punya catatan apik setiap menjalani laga kandang di Liga Champions. Musim lalu, dari tujuh laga kandang, Liverpool mencatatkan lima kemenangan dan dua hasil imbang.

"Kami harus berhati-hati untuk pertandingan berikutnya (melawan Liverpool) karena kami melawan klub yang lebih besar dan di kompetisi ini sangat, sangat berat," ujar Alves kepada Omnisport.

Tantangan

Para pemain Paris Saint-Germain (PSG) merayakan gol yang dicetak oleh Christopher Nkunku ke gawang Atletico Madrid pada laga ICC 2018 di Stadion Nasional Singapura, Senin (30/7/2018). PSG menang 3-2 atas Atletico Madrid. (AFP/Roslan Rahman)

Bagi Alves, Liverpool menjadi tantangan awal yang berat untuk memenangkan Liga Champions 2018/19. PSG juga harus melakukan banyak hal untuk mewujudkan ambisi mereka.

"Karena mereka lebih besar, kami harus sedikit lebih berhati-hati dibanding laga lain. Kami harus melakukan sesuatu berbeda dari musim lalu."

"Saya pikir bagi PSG, bagi klub mana pun, setelah berinvestasi pada pemain hingga staf, Anda pulang di tantangan pertama di kompetisi ini tidaklah bagus," ujar mantan bek Juventus tersebut.

Performa Musim Lalu

Musim lalu, PSG tersingkir oleh Real Madrid di babak 16 besar, kalah di dua leg dari tim Zinedine Zidane yang memenangi Liga Champions untuk ketiga kali beruntun.

"Itu tidak bagus untuk saya, tidak bagus untuk klub dan tidak bagus untuk kami. Mentalitas menunjukkan apa yang kami lakukan tapi tahun ini kami tak punya peluang untuk goyah," ucap Alves mengakhiri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Aung San Suu Kyi Setuju Dua Wartawan Reuters Dipenjara

Posted: 13 Sep 2018 08:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Aung San Suu Kyi mendukung dua wartawan Reuters dipenjara meskipun ada kecaman internasional. Menurutnya, Wa Lone dan Kyaw Soe Oo telah melanggar hukum.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Kubu Prabowo Ingin Debat Capres Berbahasa Inggris, Kubu Jokowi Usul Bahasa Arab

Posted: 13 Sep 2018 08:44 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kubu Prabowo-Sandiaga ingin agar debat calon presiden dan wakil presiden menggunakan bahasa Inggris.

Alasannya, penggunaan bahasa Inggris penting mengingat seorang pemimpin negara akan bergaul dan berbicara di dunia internasional.

Usulan kubu Prabowo ternyata sangat didukung kubu Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, mereka juga menawarkan usulan agar ada sesi bahasa Arab saat debat, dan dilakukan tes membaca Alquran.

"Mengingat bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa internasional dan mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam maka bisa sejalan," kata Wasekjen DPP PPP yang juga anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf, Indra Hakim Hasibuan," dalam rilis yang diterima merdeka.com, Jumat (14/9/2018). 

Panelis dari Arab

Agar adil dan objektif, kata Indra, panelisnya bisa dari perwakilan ulama terkemuka atau syeikh dari Arab Saudi maupun Mesir.

"Kami juga berharap dalam materi debat juga menyampaikan program yang konkret bukan hanya sekadar wacana. Misalnya, setiap satu persoalan disertai solusi dan contoh penanganan. Sehingga rakyat Indonesia bisa mengetahui detail dan memahami ide besar ataupun gagasan dari para capres," tegas Indra.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Incar Aset Novanto untuk Bayar Uang Pengganti Korupsi E-KTP

Posted: 13 Sep 2018 08:41 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengincar aset terpidana korupsi megaproyek e-KTP Setya Novanto untuk disita. Penyitaan dilakukan demi pengembalian uang negara dari hasil korupsi Setya Novanto dalam proyek senilai Rp 5,9 triliun itu.

"Kalau nanti diperlukan proses perampasan atau penyitaan sampai pelelangan, tentu akan dilakukan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jumat (14/9/2018).

Penyitaan hingga pelelangan dilakukan jika Setya Novanto tak sanggup membayar uang pengganti yang dibebankan kepadanya. Dalam vonis kasus korupsi e-KTP, mantan Ketua DPR itu diwajibkan membayar uang pengganti sebesar USD 7,3 juta.

"Pemetaan aset sudah dilakukan. Akan lebih baik pengembaliannya dalam bentuk aset yang sudah tidak perlu proses lelang lebih lanjut," kata Febri.

Namun perampasan hingga pelelangan aset Setya Novanto tersebut tak akan dilakukan jika mantan Ketua Umum Partai Golkar itu kooperatif membayar uang pengganti. Sejauh ini, Setya Novanto sudah tiga kali mencicil untuk melunasi uang pengganti.

"Tapi kami harap tidak terlalu lama kalau memang ada etiket baik bersikap koperatif. Tapi aset-aset bangunan dan keuangan sudah diidentifikasi oleh KPK melalui unit labuksi," kata Febri.

Uang yang Sudah Disita

‎Sebelumnya, unit Kerja Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi (Labuksi) pada KPK telah menyita uang yang ada di dalam rekening Setya Novanto sebesar Rp 1.116.624.197. Uang tersebut dipindahkan dari rekening Setnov ke rekening KPK.

Pria yang karib disapa Setnov itu juga sudah menitipkan uang Rp 5 miliar ke rekening KPK saat proses persidangan masih berjalan. Tak lama setelah vonis berkekuatan hukum tetap, Setnov kembali mencicil USD 100 ribu.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Begini Awal Pertikaian Goo Hara dengan Pacarnya

Posted: 13 Sep 2018 08:40 PM PDT

Liputan6.com, Seoul- Goo Hara dilaporkan ke pihak berwajib oleh seorang pria yang mengaku sebagai kekasihnya. Goo Hara disebut melakukan tindak kekerasan terhadap sang kekasih berinisial A.

Sebuah laporan menyebutkan, Goo Hara diduga mengamuk kepada A saat diminta putus. Goo Hara disebut tak terima dengan keputusan sepihak A.

Goo Hara disebut melakukan penganiayaan terhadap A di apartemen sang idol di wilayah Nonhyeon di Seoul, Korea Selatan, seperti diwartakan KoreaHerald, Kamis (12/9/2018).

Namun kabar lain justru mengatakan bahwa penganiayaan itu tak hanya dilakukan oleh Goo Hara, tapi A. Keduanya terlibat pertengkaran.

 

Laporan

Goo Hara (Foto: Allkpop.com)

Waktu kejadian diperkirakan 12 September 2018 tengah malam. Saat itu, A langsung menelepon pihak berwajib setelah diduga dianiaya Goo Hara.

Tindak Kekerasan

Goo Hara (Soompi)

Sebuah laporan menyebutkan, kemungkinan Goo Hara dan A akan sama-sama diperiksa terkait kasus ini.

Goo Hara sempat menyebutkan A juga melakukan tindakan kekerasan terhadap dirinya.

Diperiksa

Goo Hara (Soompi)

"Tampaknya keduanya sama-sama terlibat melakukan tindak kekerasaan. Jadi, mereka akan sama-sama mendapatkan pemanggilan, selanjutnya akan dilakukan pemeriksaan," ujar sebuah sumber, seperti diwartakan dari SBS.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buka Kongres GMKI, Jokowi Pesan Jaga Persatuan dan Kerukunan

Posted: 13 Sep 2018 08:36 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membuka Kongres XXXVI Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Auditorium The Forest Resort, Pamoyanan, Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat. Saat memberikan sambutan, Jokowi berpesan agar mahasiswa menjaga persatuan dan kerukunan bangsa.

"Aset terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kerukunan," kata Jokowi, Jumat (14/9/2018).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan mahasiswa sebagai generasi muda harus menjaga kondusifitas bangsa. Jangan sampai mahasiwa terpecah belah karena pesta demokrasi atau pemilihan umum yang berlangsung setiap lima tahun sekali.

"Jangan sampai karena pilihan bupati, gubernur, walikota, presiden yang setiap 5 tahun kita terpecah-pecah. Rugi besar bangsa ini, sudahlah," tegas Jokowi.

"Kalau ada pilkada, pilwakot, bupati, gubernur, lihat saja siapa paling baik, coblos. Pilpres juga, lihat siapa paling baik, coblos," sambung Jokowi.

Jokowi juga berpesan, mahasiswa perlu menjaga kemajemukan bangsa. Sebab, Indonesia memiliki banyak berbedaan seperti agama, suku, adat.

"Indonesia ini berwarna, beda adat, tradisi kita. Ini jadi kekuatan kalau kita bersatu, rukun," ucap Jokowi.

Tema Kongres

Presiden Jokowi membuka Kongres XXXVI Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI). (Merdeka.com/ Titin Supriatin)

Kongres ke-36 GMKI mengambil tema "Berdamailah dengan Segala Ciptaan". Kongres ini dihadiri 1.000 orang kader GMKI dari pelbagai kampus di Tanah Air.

Dalam acara ini, Jokowi didampingi Menristekdikti M Nasir dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Proyektor Interaktif Epson Bikin Siswa Makin Semangat Belajar di Kelas

Posted: 13 Sep 2018 08:35 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Epson Indonesia berkolaborasi dengan Websis for Edu menggagas program smart classroom atau ruang kelas cerdas.

Kelas ini menggunakan perangkat teknologi serta dukungan internet untuk membuat kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan bagi siswa sekaligus mengikuti perkembangan zaman.

Epson dalam hal ini turut menghadirkan produk yang mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas cerdas melalui produknya proyektor interaktif.

Diungkapkan oleh Head of Product Marketing Visual Instrument Department PT Epson Indonesia, Zanipar Siadari, sejak awal dunia pendidikan adalah salah satu fokus bagi Epson.

"Epson berkomitmen pada dunia pendidikan dengan mengintegrasikan teknologi sebagai alat bantu utama dalam kegiatan belajar mengajar," kata Zanipar.

Dia mengatakan, dengan beragam produk proyektor, printer multifungsi, pemindai dokumen, Epson berharap untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan abad 21 di tengah perkembangan zaman ini.

"Pendidikan berevolusi, dari yang tadinya kebutuhan proyektor diletakkan pada jarak tiga meter dan untuk gambar di kelas, kini berkembang karena kegiatan belajar butuh perangkat yang interaktif dan kolaboratif. Oleh karenanya dibuat produk yang khusus untuk edukasi," katanya saat ditemui usai seminar Tech-Inspired Education di Jakarta, Kamis (13/9/2018).

Inovasi di Bidang Pendidikan

Head of Product Marketing Visual Instrument Department PT Epson Indonesia Zanipar Siadari mempresentasikan tentang proyektor interaktif Epson (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Sebenarnya, proyektor interaktif Epson mulai hadir di pasaran sejak 2011, namun perusahaan Jepang ini terus melakukan inovasi hingga dapat memenuhi kebutuhan pengguna di sektor edukasi.

"Pada saat kami bawa satu produk, kami buat lagi dan evaluasi di market, sudah sesuai kebutuhan atau belum. Kalau kurang, kami keluarkan lagi produk baru lagi dan mendapat dapat feedback. Kebetulan yang terakhir, merupakan yang paling canggih dan sesuai dengan keinginan sekolah-sekolah," katanya.

Sekadar diketahui, menurut Zanipar, sudah cukup banyak proyektor interaktif Epson yang digunakan di sekolah.

"Ada sebuah sekolah di Tangerang awalnya membeli 20, kemudian tahun kedua beli lagi 20, jadi total 40 unit proyektor interaktif. Ada juga yang membeli satu atau dua kemudian di-review apakah sudah sesuai," katanya.

Sejauh ini pada tahun 2017, sudah ada 500-600 unit proyektor interaktif di sektor pendidikan yang terjual. Lantaran pendidikan makin berkembang, Zanipar menargetkan bisa menjual 700-800 unit proyektor interaktif di tahun ini.

Harga proyektor inipun beragam sesuai tipenya. "Untuk perangkat dengan fitur paling lengkap dan spesifikasi paling tinggi dibanderol Rp 56 jutaan, sementara untuk proyektor interaktif dengan fitur lebih umum dibanderol Rp 25 jutaan," tuturnya.

Uniknya, model yang paling banyak diinginkan konsumen adalah yang memiliki fitur paling lengkap. Namun semuanya disesuaikan lagi dengan kebutuhan dan biaya yang dimiliki sekolah.

"Sebenarnya kita melihat apa yang dibutuhkan oleh penggunanya, itu yang kita hadirkan. Jadi kita nggak hanya jual barang, tetapi sampai barang bisa digunakan dan sampai kami dapat feedback seperti sebelumnya," katanya.

Bisa Dipakai Mulai dari Sekolah TK

Proyektor Interaktif Epson (Liputan6.com/ Agustin Setyo W)

Uniknya, penggunaan teknologi dalam kelas tidak hanya bisa dilakukan pada siswa sekolah menengah. Mulai dari TK, siswa SD kelas 1 hingga 3, semuanya bisa menggunakan proyektor interaktif ini.

" Seluruh peserta didik bisa pakai, kelas 1-3 bisa, bahkan siswa TK di Jakarta juga sudah memakainya. Hal ini karena siswa cepat mengadopsi teknologi, kemampuan kognitifnya bagus jadi saat disodorin teknologi baru, siswa coba-coba, guru tinggal mengarahkan," tuturnya.

Aplikasi proyektor interaktif salah satunya dilakukan oleh siswa siswi SD Muhammadiyah 5 Jakarta. "Saat proses belajar mengajar di kelas menggunakan proyektor interaktif, siswa cenderung lebih antusias, aktif, dan kolaboratif," kata Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 5 Taufik Noor Wibowo.

Bahkan menurut Zanipar, saat evaluasi penggunaan proyektor interaktif tersebut, siswa yang merasa sudah nyaman menggunakan proyektor ini protes saat proyektor akan dipindahkan ke kelas lain.

"Secara fisik, proyektor interaktif ini besar ukurannya, sehingga idealnya satu unit per kelas. Bukan karena nggak bisa dipindah, tetapi begitu dipindah ke kelas lain, siswa protes karena belajarnya sudah enak, mau lagi pakai proyektor interaktif," katanya.

Belajar Kolaboratif

Epson Anniversary 15 Tahun di Hotel Ritz-Carlton, Bali (Liputan6.com/Jeko Iqbal Reza)

Sekadar diketahui, perangkat proyektor interaktif Epson menawarkan pengalaman belajar mengajar dengan berbagai fitur lebih akraktif. Misalnya saja siswa dan guru bisa mepresentasikan pelajaran tanpa sambungan kabel.

Selain itu, proyektor interaktif ini memungkinkan tampilan beberapa layar perangkat sekaligus. Kemampuan anotasi tanpa komputer serta berbagi whiteboard ke 15 perangkat mobile secara bersamaan. Dengan begitu, partisipasi para murid pun bisa lebih luas.

Dalam demo yang dilakukan Kepsek SD Muhammadiyah 5 Taufik Noor Wibowo, dirinya menggunakan proyektor interaktif ini untuk pelajaran matematika pada siswa.

Siswa bisa belajar penjumlahan dan mencoret-coret papan tulis dengan pen maupun jarinya. Selain itu, kolaborasi bisa dilakukan dengan perangkat lainnya yang dimiliki oleh siswa.

"Hasilnya itupun bisa disimpan, dicetak, kemudian dibagikan ke orangtua, biasanya anak senang menunjukkan pekerjaannya di kelas kepada orangtuanya. Kemudian, layar juga bisa diklik atau di-swipe dengan sapuan jari (seperti tablet)," tutur Taufik.

Pengoperasiannya pun menurut Taufik sangatlah mudah. Para guru bisa belajar menggunakan proyektor interaktif hanya dalam satu atau dua hari. Sementara anak-anak bisa lebih cepat mencoba-coba dan membiasakan diri dalam memakainya.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

331 Haji Indonesia Tercatat Meninggal Dunia di Tanah Suci

Posted: 13 Sep 2018 08:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai 331 jemaah haji Indonesia meninggal dunia di Tanah Suci hingga Rabu, 12 September 2018 pukul 14.00 waktu Arab Saudi (WAS). Mereka meninggal dunia oleh sebab yang berbeda.

Menurut data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), dari 331 jemaah itu, sebanyak 239 wafat di Makkah, 47 di Madinah, 8 di Arafah, 5 di Muzdalifah, 25 di Mina, dan 7 di Daker Bandara.

Sementara, hingga Minggu malam, 9 September 2018, pemulangan jemaah gelombang I ke Tanah Air terdiri dari 218 kloter atau 88.944 orang.

Sebanyak 119 kloter atau 46.332 jemaah haji menggunakan Garuda Indonesia Airways dan 99 kloter atau 42.612 jemaah haji menggunakan Saudi Arabia Airlines. Jemaah gelombang I ini diterbangkan melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Kemudian, jemaah haji gelombang II yang diterbangkan melalui Bandara Ammir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah hingga Rabu, 12 September 2018 pukul 13.00 WAS, tercatat 62 kloter atau 24.935 jemaah telah diterbangkan ke Tanah Air.

Rinciannya, 32 kloter atau 12.170 jemaah haji menggunakan Garuda Indonesia Airways dan 30 kloter atau 12.765 jemaah menggunakan Saudi Arabia Airlines.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Daftar Jemaah Haji Wafat

Tim kesehatan juga bekerjasama dengan lima rumah sakit di sekitar Madinah untuk memenuhi kebutuhan kesehatan jemaah.

Berikut ini daftar jemaah haji yang wafat, di antaranya:

1. Sukardi Ratmo Diharjo (JKG-1) wafat pada 18 Juli 2018 di Masjid Nabawi (lalu dibawa di Klinik Kesehatan Haji/KKHI Madinah) disebabkan cardiac arrest pada usia 59;

2. Ade Akum Dachyudi (67) asal Kloter JKS-13 wafat pada 23 Juli 2018 di Masjid Nabawi (KKHI Madinah) disebabkan isheamic heart disease pada usia 67 tahun;

3. Sunarto Sueb Sahad (SOC-15) wafat pada 23 Juli 2018 di KKHI Madinah (perjalanan) disebabkan cardiovascular disease pada usia 57 tahun;

4. Siti Aminah Rasyip (SOC-05) wafat pada 23 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) karena acute ischemic heart disease pada usia 57 tahun;

5. Sanusi Musthofa Khafid (SUB-06) wafat pada 25 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan other obstructive pulmonary disease pada usia 73 tahun;

6. Katio Abdul Majid Simanjutak (MES-02) wafat pada 25 Juli 2018 di RSAS disebabkan cardiac arrest pada usia 59 tahun;

7. Machyar Sahromi Muhammad Thaif (JKS-06) wafat pada 26 Juli 2018 di RSAS disebabkan acute myocardial infarokom pada usia 78 tahun;

8. Mohammad Sholeh bin Abu Bakar (SUB-23) wafat pada 27 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan isheamic heart disease pada usia 74 tahun;

9. Nordiani Bahrani Kursani (BDJ-03) wafat pada 28 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan isheamic heart disease pada usia 53 tahun;

10. Widodo Karto Semito bin Jimin (JKS-35) wafat pada 29 Juli 2018 di RSAS disebabkan cardiac arrest pada usia 56 tahun;

11. Abdullah Noor bin Sidik (SOC-13) wafat pada 29 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan Cardiovascular Disease pada usia 72 tahun;

12. Rasnam Ponidjan (SUB-23) wafat 29 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan isheamic heart disease pada usia 64 tahun;

13. Adang Aliyudin Satibi (JKG-05) wafat 30 Juli 2018 pukul 09.15 disebabkan shock kardiogenic di RS King Fahd Madinah pada usia 61 tahun;

14. Ame Omon Jasan (JKS-31) wafat 30 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan cardiovascular diseases pada usia 55 tahun;

15. Dadang Saepulloh Abdullah (JKS-003) wafat 31 Juli 2018 pukul 08.41 WAS di RS King Fahd Madinah disebabkan shock hypovolemik pada usia 57 tahun.

16. Daklan Mustopa Kholil (JKS-38) wafat 31 Juli 2018 di KKHI Madinah (pemondokan) disebabkan cardiovascular diseases pada usia 58 tahun;

17. Sujatmin Siswo Taruno (SOC-26 ) wafat 1 Agustus 2018 pukul 02.00 WAS di KKHI Madinah disebabkan chronic obstructive pulmonary disease (COPD) pada usia 86 tahun;

18. Budi Riyanti Asmi (PLM-05) wafat 1 Agustus 2018 di Masjid Nabawi (KKHI Madinah) disebabkan circulatory diseases pada usia 54 tahun;

19. Tohet Kuris Jamil (PLM-03) wafat 2 Agustus 2018 di RSAS (KKHI Madinah) disebabkan cardiac arrest pada usia 69 tahun;

20. Muhtarom Muh. Yasin Mursid (SOC-34) wafat 3 Agustus 2018 di hotel (KKHI Madinah) disebabkan ischeamic heart disease pada usia 82 tahun;

21. Mium Usup Dito Redjo (SUB-35) wafat 4 Agustus 2018 di rumah sakit (KKHI Madinah) disebabkan cardiopulmonary arrest pada usia 64 tahun;

22. Adenan Damud Asir (PDG-07) wafat 6 Agustus 2018 pada usia 72 tahun;

23. Sarun Karim Bakri (SUB-08) wafat 9 Agustus 2018 di RSAS disebabkan cardiovascular diseases pada usia 52 tahun;

24. Sugiati Nassa Petta Lolo (Haji Khusus/PT. Tazkiyah Global Mandiri) wafat 12 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan cardiovascular disease pada usia 60 tahun;

25. Subadi Minto Semito (PLM-08) wafat 12 agustus 2018 di RSAS disebabkan respiratory diseases pada usia 65 tahun;

26. Sunarni Sumantri Zakaria (Haji Khusus/PT. Arston Pesona Indonesia Tour) wafat 13 Agustus 2018 disebabkan cardiovascular diseases pada usia 62 tahun;

27. Iraja Lagening Labebang (BPN-02) wafat 15 Agustus 2018 disebabkan infectious and parasitic diseases pada usia 68 tahun;

28. Soekadji Towirjo Tosoero bin Towirjo (PIHK) wafat pada 27 Agustus 2018 pada usia 71 tahun;

29. Tatang Sutandi Amar bin Amar (PIHK) wafat 5 September 2018 pada usia 73 tahun;

30. Jiratun binti Jaseni (SUB-050) wafat 5 September 2018 pada usia 75 tahun;

31. Husain Dorra bin Dorra (PIHK) wafat 1 Sepember 2018 pada usia 55 tahun;

32. Syahrani Ambo Oga bin Ambo Oga (PIHK) wafat 27 Agustus 2018 pada usia 71 tahun;

33. Madio Suwito Wiryo bin Wirya Wikrama (JKG-043) wafat 7 September 2018 pada usia 76 tahun;

34. Ny Atemo Rejo Atemo Pawiro binti Atemo Pawiro (PIHK) wafat 7 September 2018 pada usia - tahun;

35. Abdul Hakim Rangkuti bin Lobe Mat Tohir Rangkuti (MES-014) wafat 7 September 2018 pada usia 77 tahun;

36. Sripah Suwardi Kamsih binti Suwardi (SOC-060) wafat 8 September 2018 pada usia 62 tahun;

37. Sukinah binti Murdi (SUB-052) wafat 8 September 2018 pada usia 73 tahun;

38. Sunaryati binti Nur Muhammad (SUB-060) wafat 8 September 2018 pada usia 68 tahun;

39. Samhan bin Satumin (SUB-046) wafat 8 September 2018 pada usia 61 tahun;

40. Mimi binti Sukardi (JKS-049) wafat 8 September 2018 pada usia 61 tahun;

41. Raden Roro Trijo Wisnoeanie binti R Sudirdjo (PIHK) wafat 8 September 2018 pada usia 76 tahun;

42.   Zaid Abdullah Misfir bin Abdullah (PIHK) wafat 9 September 2018 pada usia - tahun;

43.   Tarbiah binti Berahim (BDJ-012) wafat 9 September 2018 pada usia 70 tahun;

44.   H Supardi bin Sumarto (JKG-045) wafat 9 September 2018 pada usia 63 tahun;

45.   Winarsih binti Parto Suharjo (JKS-051) wafat 11 September 2018 pada usia 55 tahun;

46.   Patmawati binti Padil (SUB-053) wafat 11 September 2018 pada usia 51 tahun; dan

47.   Ariek Anwar bin Hasan Misbach (SUB-051) wafat 11 September 2018 pada usia 72 tahun; Makkah:

48.   Supriyati Teguh Adam (SOC-5) wafat 29 Juli 2018 pukul 23.30 WAS di KKHI Makkah disebabkan acute pulmonary lung disease pada usia 51 tahun;

49.   Zainal Abidin Yusuf (UPG-04) wafat 29 Juli 2018 di RSAS disebabkan infectious and parasatic diseases pada usia 60 tahun.

50.   Supiyah Ngadiman Safei (JKG-11) wafat pada 2 agustus 2018 pkl 16.00 WAS di RSAS An Noor Makkah pada usia 65 tahun;

51.   Jamiatun Waridin Suratman (SOC-52) wafat 2 Agustus 2018 pukul 13.30 WAS di Masjidil Haram Makkah pada usia 66 tahun;

52.   Jene bin Sanusi Enon (JKS-11) wafat 2 Agustus 2018 pukul 19.25 WAS di RSAS An Noor Makkah pada usia 87 tahun;

53.   Mukti Wibowo bin Martono (SOC-11) wafat 3 Agustus 2018 pukul 19.00 WAS di RSAS pada usia 69 tahun;

54.   Bua Permata Uar bin Daing Matira (UPG-012) wafat 4 Agustus 2018 pukul 00.23 WAS di Masjidil Haram pada usia 58 tahun;

55.   Busari bin Kasihan (SOC-004) wafat 4 Agustus 2018 pukul 08.23 WAS di RSAS pada usia 63 tahun;

56.   Masriah binti Sejadi Tarsipin (SUB-046) wafat 4 Agustus 2018 pukul 14.00 Was di RSAS pada usia 59 tahun;

57.   Bainah Siregar binti Banua Siregar (MES-008) wafat 5 Agustus 2018 pukul 06.20 WAS di RSAS pada usia 72 tahun;

58.   Arif Hidayat bin Padli (JKS-027) wafat 5 Agustus 2018 pukul 11.30 WAS di pemondokan pada usia 60 tahun;

59.   Rohanah binti Suhadmi Musani (JKS-057) wafat 5 Agustus 2018 pukul 10.00 WAS di RSAS pada usia 73 tahun;

60.   Paisah binti Junaiddin Rangkuti (MES-003) wafat 6 Agustus 2018 pukul 10.03 WAS di RSAS pada usia 60 tahun;

61.   Murti bin Wiji Tajid (SUB-047) wafat 7 Agustus 2018 pukul 23.51 WAS di RSAS pada usia 82 tahun;

62.   Siti Ngaisah Yayah (PLM-001) wafat 7 Agustus 2018 pukul 13.45 WAS di RSAS pada usia 78 tahun;

63.   Sikan Purwoprayitno Madjada bin Madjasa (SOC-016) wafat 8 Agustus 2018 pukul 01.05 WAS di pemondokan pada usia 78 tahun;

64.   Jasmo Karmani Kami bin Karmani (SOC-061) wafat 9 Agustus 2018 pukul 03.15 WAS di Masjidil Haram pada usia 58 tahun;

65.   Yurni binti Dja'far Abdullah (MES-012) wafat 9 Agustus 2018 pukul 05.00 WAS di pemondokan pada usia 68 tahun;

66.   Djamaluddin bin Sangkala Liong (UPG-012) wafat 9 Agustus 2018 pukul 10.55 WAS di pemondokan pada usia 63 tahun;

67.   Triyanto Citro Sukarto (SOC-44) wafat 9 Agustus 2018 pada usia 57 tahun;

68.   Suparto Katidjo Abdullah (BTH-13) wafat 9 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

69.   Rohmat Abdul Latif (SUB-54) wafat 9 Agustus 2018 pada usia 63;

70.   Hardjono Hardjo Utomo (SOC-59) wafat 10 Agustus 2018 pada usia 69;

71.   Soeprat Moeri Karyani (SOC-54) wafat 10 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

72.   Ahmad Betong Ariih (JKG-29) wafat 10 Agustus 2018 pada usia 68 tahun;

73.   Mat Kaer Iskak (SUB-09) wafat 11 Agustus 2018 di RSAS disebabkan circulatory disease pada usia 76;

74.   Zaenal Maarif Abdullah (Haji Khusus/PT Patuna Mekar Jaya) wafat 7 Agustus 2018 di disebabkan cardivascular diseases pada usia 61 tahun;

75.   Afandi Mukri Mufid bin Mukri (Haji Khusus/PT Citra Wisata Dunia) wafat 9 Agustus 2018 pukul 16.55 WAS di RSAS pada usia 64 tahun;

76.   Mariso Bakri Amat (BPN-07) wafat 11 Agustus 2018 di RSAS disebabkan respiartory disease pada usia 56 tahun;

77.   Aty Yuliana Kasmidi (UPG-14) wafat 11 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan respiartory disease pada usia 62 tahun;

78.   Sara Basiru Duke (UPG-29) wafat 12 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan cardiovacular diseases pada usia 70 tahun;

79.   Manyuzar Young Mansyur (MES-10) wafat 12 Agustus 2018 di RSAS disebabkan respiratory diseases pada usia 69 tahun;

80.   Utin Risnarti Idris (BTH-16) wafat 12 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan malignant neoplasms (cancers) pada usia 55 tahun;

81.   Mukhlis Teuku Usman Sarong (BTJ-05) wafat 12 Agustus 2018 di RSAS disebabkan cardivascular diseases pada usia 57 tahun;

82.   Nizar Muhammad Syam Balikun (BTH-09) wafat 12 Agustus 2018 di RSAS disebabkan cardiovascular diseases pada usia 55 tahun;

83.   Nurharini Adi Sukarta (SOC-23) wafat 13 Agustus 2018 di RSAS disebabkan respiratory diseases pada usia 67 tahun;

84.   Madun Eri Markim (JKG-36) wafat 13 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan endocrine, nutritional and metabolic disease pada usia 68 tahun;

85.   Suherman Surmin Kasmin (JKS-12) wafat 14 Agustus 2018 di KKHI Makkah disebabkan cardiovascular diseases pada usia 66 tahun;

86.   Suratman Muhanan Wirorejo (BTH-24) wafat 14 Agustus 2018 di KKHI Makkah disebabkan respiratory diseases pada usia 76 tahun;

87.   Hamdani Fitri Syarkowi (JKG-35) wafat 13 Agustus 2018 di KKHI Makkah disebabkan infectious and parasit diseases pada usia 51 tahun;

88.   Husni Thamrin Prabujaya (PLM-10) wafat 14 Agustus 2018 di RSAS Makkah disebabkan cardiovascular diseases pada usia 68 tahun;

89.   Suyatno Sadi Abdullah (MES-09) wafat 15 Agustus 2018 di KKHI Makkah disebabkan digestive diseases pada usia 77 tahun;

90.   Siti Chumaizah Djenal Sahlan (SUB-32) wafat 15 Agustus 2018 di RSAS Makkah disebabkan circulatory diseases pada usia 73 tahun;

91.   Sudiqnyo Supadi Supodikromo (SUB-23) wafat 15 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan cardiovascular disesases pada usia 76 tahun;

92.   Isjono Namsori Kasidi (SOC-20) wafat 15 Agustus 2018 di RSAS Makkah disebabkan cardiovascular diseases pada usia 64 tahun;

93.   Nordiana Hologau Tompon (SUB-66) wafat 15 Agustus 2018 di KKHI Makkah disebabkan cardiovascular diseases pada usia 73 tahun;

94.   Saswadi Rabun Sutarana (SOC-91) wafat pada 15 Agustus 2018 di Masjid (KKHI Makkah) disebabkan cardiovascular disesases pada usia 74 tahun;

95.   Tasmin Sudarmi Tasiran (SOC-60) wafat 15 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan respiratory diseases pada usia 65 tahun;

96.   Saodah Taali Jaila (LOP-05) wafat 16 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan circulatory diseases pada usia 70 tahun;

97.   Sutaman Sondong Leman (SOC-83) wafat 15 Agustus 2018 di KKHI Makkah disebabkan injury, poisioning and certain other consequences of external cau pada usia 75 tahun;

98.   Sarika Sujana Sajan (JKS-80) wafat 16 Agustus 2018 di RSAS disebabkan respiratory diseases pada usia 54 tahun;

99.   Nani Keman Abdul Rojak (JKS-03) wafat 16 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan respiratory diseases pada usia 60 tahun;

100.            Muhammad Tahir Ahmad Mahmud (LOP-05) wafat 16 Agustus 2018 di RSAS disebabkan respiratory diseases pada usia 58 tahun;

 

Reporter : Eko Huda S

Sumber  : Dream

Selanjutnya

Pusat Kesehatan Haji Indonesia (PKHI) mulai disesaki jemaah calon haji yang sakit. (www.dream.co.id)

101.Tri Widyatiningsih Mitrosumarjo (SOC-78) wafat 17 Agustus 2018 di RSAS disebabkan respiratory diseases pada usia 57 tahun;

102. Abdul Muis Sjamsul Bahri (JKS-83) wafat 17 Agustus 2018 di RSAS disebabkan cardiovascular diseases pada usia 62 tahun; dan

103. Ridwan Usman Abdurrahman (PDG-06) wafat 17 Agustus 2018 di pemondokan disebabkan cardiovascular diseases pada usia 59 tahun;

104. Narsih Binti Sadipan (SOC-79) wafat 17 Agustus 2018 pada usia 59 tahun;

105. Rusnati Binti Rali (JKS-88) wafat 17 Agustus 2018 pada usia 78 tahun;

106. Sukiran Bin Sukino (JKG-39) wafat 17 Agustus 2018 pada usia 67 tahun;

107.Badrut Tamam Siddiq (SUB-16) wafat 17 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

108. Suhatma Bin Tumin (JKG-63) wafat 18 Agustus 2018 pada usia 84 tahun;

109. Jasman Ayub Ismail bin Ayub Ismail (BTH-013) wafat 18 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

110. Kismo Wiyono Al Rubinah (SOC-24) wafat 18 Agustus 2018 pada usia 87 tahun;

111. Moh Huri bin Sallim Jeti (SUB-012) wafat 24 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

112. Rahmawaty binti Muhammad Ibrahim (MES-007) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 47 tahun;

113. Pandak bin Candak (PLM-013) wafat 24 Agustus 2018 pada usia 74 tahun;

114. Yuwono Dwi Putranto bin Imam Soedjarwo (SOC-059) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 57 tahun;

115. Setu Sulistijo Budi bin Djojodikromo (SUB-005) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 79 tahun;

116. Roikin bin Sudia (JKS-057) wafat 24 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

117. Mustadjab Rifa'i bin Karijono (SUB-010) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

118. Patimah binti Sukarya (JKS-027) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

119. Yayah Bariah binti Mamat Rahmat (JKS-007) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

120. Surat Asmuri Sahlan binti Asmuri (SOC-054) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 80 tahun;

121. Abdul Amin bin Anwar (SUB-074) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 56 tahun;

122. Tujirah binti Wirjo Utomo (SOC-90) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

123. Syamsi Anwar bin Abr Rahman (PIHK) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

124. Nurdjanah binti Mahmud (JKS-039) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 74 tahun;

125. Takhroni bin Sakib Tarwadi (SOC-014) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

126. Endang Suharya bin Tjetje (JKS-069) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

127. Khoiron bin Abd Kamid (SUB-067) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 49 tahun;

128. Sutriyono bib Sukiman (SOC-069) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 48 tahun;

129. Saepuloh bin KHN. Hanafiah (JKS-027) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 79 tahun;

130. Siti Darwati Roslan binti Roslani Abdul Gani (SOC-66) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

131. Puji Rahayu binti Harjo Setomo (JKS-091) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

132. Siti Aliyah Karto Darmo binti Karto Darmo (JKG-043) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

133. Tamin bin Suraji (SUB-048) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 55 tahun;

134. Muhammad Daswan Sanmusa bin Sanmusa (JKG-049) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 81 tahun;

135. Siti Nurfaridah binti Supardi (SOC-038) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 55 tahun;

136. Nurmah binti Makjin (MES-016) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 53 tahun;

137. Imam Kustarto bin Mas Moh Muhtar (SUB-013) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

138. Khabil Hi Abdullah Syafi bin Hi Abdullah Syafi (UPG-007) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

139. Djumlah binti Dullah Amin (JKG-051) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

140. Hamid Arief Syahlan bin Hatomi (JKS-071) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 83 tahun;

141. Atina Hidayati binti Soleh (SOC-008) wafat 24 Agustus 2018 pada usia 56 tahun;

142. Soesanto Darmo Tohiran bin Darmo Tohiran (PIHK) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 75 tahun;

143. Aminuddin bin Muksarun (BDJ-003) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

144. Suryadi bin Sahari (JKS-078) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 58 tahun;

145. Masdewan Hasibuan binti Marjuki Hasibuan (MES-021) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

146. Zainah binti Mohamad Siddik (PDG-010) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

147. Sadatun Syam bin Syam Dondang (LOP-006) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 67 tahun;

148. Masdar bin Hamdi Ijan (BDJ-006) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

149. Ramelan Sadimo Kaliyah bin Sadimo (SUB-040) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

150. Yuritae binti Alfrid (BDJ-012) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

151. Ngatenam bin Sarip (SUB-023) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 74 tahun;

152. Suharjo bin Martatilar bin Karya Semita (SOC-089) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

153. Jajang bin M Ali (JKS-032) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

154. Gimin bin Wongso (PLM-005) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 78 tahun;

155. Sulimin bin Galimo Sandiyo (SUB-040) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

156. Irsyad bin Sakim (SUB-067) wafat 27 Agustus 2018 pada usia 76 tahun;

157. Sutarno bin Sutanto (JKS-065) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 59 tahun;

158. Kusaini bin Ibrahim (SUB-004) wafat 26 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

159. Ramzan Muhammad Yusuf bin M Yusuf (PIHK) wafat 26 Agustus 2018 pada usia - tahun

160. Kunaman bin Carsad (JKS-015) wafat 27 Agustus 2018 pada usia 68 tahun;

161. Misye Gantini binti HR Otto Argadikusumah (JKG-051) wafat 27 Agustus 2018 pada usia 54 tahun;

162. Surip bin Nardi Utama (JKS-054) wafat 27 Agustus 2018 pada usia 56 tahun;

163. Abdullah bin Amin bin M Amin (BTJ-003) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 57 tahun;

164. Lasmijati binti Sastrorejo (SOC-087) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 72 tahun;

165. Suhartina binti Syahril Syarif (BTH-002) wafat 27 Agustus 2018 pada usia 50 tahun;

166. Jamaludin Abdullah bin Abdullah Ahmad (JKG-030) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 56 tahun;

167. ST Jaenab binti H Atalib (LOP-006) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

168. Oom Komariah binti Iju (JKS-086) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

169. Siti Sahra binti Sau Sau (UPG-020) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

170. Usman bin Tachroni (SOC-011) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 67 tahun;

171. Akhmad Qurniawan Basyirun Mazid bin Basyirun Mazid (JKG-022) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 50 tahun;

172. Endon binti Karto Ali Kusen (JKG-034) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 80 tahun;

173. Waluyo Darmo Pawiro bin Darmo Pawiro (SOC-028) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 70 tahun;

174. Muhammad Toni bin Sadul (BTH-014) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

175. Sanip bin Ajim (JKS-087) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

176. Syafril Karim bin Abd Karim (BTH-022) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

177. Romadi bin Sanuri Pa'yam (SUB-077) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 67 tahun;

178. Uddi Sanhudi bin H Eyo Hadiah (JKS-077) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 80 tahun;

179. Asmah Lawi Syukur binti Lawi (BDJ-009) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 59 tahun;

180. Halima Karinda binti Rafiuddin (BPN-012) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 78 tahun;

181. Sawakati binti Tuga (UPG-030) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 59 tahun;

182. Sarman Sarmono bin Diran Harjo Utomo (BPN-011) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 76 tahun;

183. Noto Prayitno Bleto bon Bleto (PIHK) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 45 tahun;

184. Hamidah binti Nyak Itam (BTJ-009) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 72 tahun;

185. Tuti Windu Agustina binti Alisati Siregar (PLM-004) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

186. Hasan bin Suma (BDJ-013) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

187. M Yusup bin H Aman bin H Niing (JKG-021) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 76 tahun;

188. Muhammad bin Ali Puteh (BTJ-011) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 70 tahun;

189. Nj Widji binti Amad Karsidi (SOC-036) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 80 tahun;

190. Ngatiman bin Sumardi (BTH-004) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 46 tahun;

191. Sukairi Parto Tayib bin Parto (PIHK) wafat 30 Agustus 2018 pada usia - tahun;

192. Tri Purbo Irianto bin M Siswo Amijoyo (SOC-086) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

193. Paimin Harjo Pawiro bin Harjo Pawiro (SOC-021) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 74 tahun;

194. Halimi bin Majudi (PLM-012) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 76 tahun;

195. Ibrahim Tugu Baru bin Tupen Beda (SUB-065) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 81 tahun;

196. Amsiyah binti Suhardjito bin Suryo Prawiro (SOC-092) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

197. Kusnarto Hadi Sulistyono bin Imam Suhadi (SUB-080) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 78 tahun;

198. Usman bin Anwar (MES-008) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 59 tahun; dan

199. Zulkarnain bin Abuston A. Manap (BTH-026) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 49 tahun;

200. Jurina Muhammad Juned (BTH-008) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 56 tahun;

Selanjutnya

Sakit, jemaah calon haji ini melakukan sa'i dengan menggunakan skuter matik. (MCH Indonesia)

201. Siti Kalimah Surham Djamal (SUB-050) wafat 30 Agustus 2018 pada usia 46 tahun;

202. Chamdanah Kastolani Qohir (SUB-78) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

203. Syamani Umar Simin (BTJ-007) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 79 tahun;

204. Wasirah Arsowiono Sanardi (SOC-089) wafat 1 September 2018 pada usia 70 tahun;

205. Moeljani Mitro Suharjo (JKG-057) wafat 1 September 2018 pada usia 68 tahun;

206. Munah binti Kusen (SUB-081) wafat 1 September 2018 pada usia 54 tahun;

207. Budiharjo bin Harjo Parno (SOC-095) wafat 1 September 2018 pada usia 65 tahun;

208. Rafdi bin Rasyidin (JKG-051) wafat 1 September 2018 pada usia 56 tahun;

209. Muhammad bin Timbang Cambang (LOP-006) wafat 31 Agustus 2018 pada usia 59 tahun;

210. Muhak Mirwanto bin H Nuhung (JKG-023) wafat 1 September 2018 pada usia 61 tahun;

211. Suwari bin Simun (SUB-076) wafat 2 September 2018 pada usia 76 tahun;

212. Nurhayati binti Sari (BTH-024) wafat 1 September 2018 pada usia 53 tahun;

213. Abu Bakar bin H Arian (BTJ-009) wafat 2 September 2018 pada usia 46 tahun;

214. Muslimah binti Siraj (SOC-036) wafat 2 September 2018 pada usia 82 tahun;

215. Yatin Satori bin Mad Nartam (SOC-091) wafat 2 September 2018 pada usia 72 tahun;

216. Sugeng Mufrih bin H Abd Fatid Dahlan (SOC-068) wafat 2 September 2018 pada usia 63 tahun;

217. Moh Abd Rosyid SM bin Samir (SUB-071) wafat 2 September 2018 pada usia 54 tahun;

218. Sugondo bin Djamal (SOC-035) wafat 2 September 2018 pada usia 66 tahun;

219. Agus Mufawidaturrohjiyah binti H Karisman (JKG-020) wafat 2 September 2018 pada usia 50 tahun;

220. Mualim Kosim bin Marhum (JKS-089) wafat 3 September 2018 pada usia 81 tahun;

221. Wirda Nurdin Syarif binti Nurdin (JKG-025) wafat 2 September 2018 pada usia 66 tahun;

222. Muljono bin Pasiran (SUB-062) wafat 2 September 2018 pada usia 76 tahun;

223. Wiroi bin Dermi (SUB-079) wafat 3 September 2018 pada usia 67 tahun;

224. Fitriana Yunus Salik binti Yunus (PLM-009) wafat 3 September 2018 pada usia 48 tahun;

225. Djamisah binti Ibrahim H bin Achmad (SOC-090) wafat 3 September 2018 pada usia 72 tahun;

226. M Hasan B bin H Amin (BTJ-009) wafat 3 September 2018 pada usia 72 tahun;

227. Enah Muljana binti Emon Suratman (JKS-071) wafat 3 September 2018 pada usia 69 tahun;

228. Siti Alfiatul Mundji binti Holil H bin Wirya Dirana (SOC-091) wafat 4 September 2018 pada usia 68 tahun;

229. Homsak Romli Tiwar binti Romli (PIHK) wafat 4 September 2018 pada usia 44 tahun;

230. Sani binti Sakib Radi (JKG-044) wafat 4 September 2018 pada usia 78 tahun;

231. Suprihatin binti Sarponen (SOC-043) wafat 4 September 2018 pada usia 65 tahun;

232. Suwardjo bin Sumarno (BTH-016) wafat 4 September 2018 pada usia 76 tahun;

233. Ali Somali bin Suryami (JKG-029) wafat 4 September 2018 pada usia 75 tahun;

234. Epon Nuriyah binti H Surdi (JKS-079) wafat 4 September 2018 pada usia 75 tahun;

235. Umar Wakiran Munari bin Wakiran (SUB-057) wafat 4 September 2018 pada usia 76 tahun;

236. Mudj'ri bin Madredjo (SUB-036) wafat 4 September 2018 pada usia 44 tahun;

237. RE Sumirat Sari binti Holidz (JKS-090) wafat 4 September 2018 pada usia 73 tahun;

238. Rusli Putih Lebayitam bin Putih (BTH-010) wafat 4 September 2018 pada usia 76 tahun;

239. Tugino bin Zakaria (MES-019) wafat 5 September 2018 pada usia 62 tahun;

240. Titin Haririah binti H Yahya (JKG-034) wafat 5 September 2018 pada usia 53 tahun;

241. Wawang Heru Djajanto bin Sulamto (SUB-075) wafat 5 September 2018 pada usia 55 tahun;

242. Nurdin Ritonga bin Pulung Zakaria Ritonga (MES-005) wafat 5 September 2018 pada usia 65 tahun;

243. Supatri binti P. Supatri Al Sukri (SUB-027) wafat 5 September 2018 pada usia 57 tahun;

244. Pattawe Bakkareng Ukas bin H Bakkareng (BPN-001) wafat 5 September 2018 pada usia 81 tahun;

245. Sida binti Jumang (BPN-011) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

246. Muhammad Tatar bin Abdul Halim (BTH-016) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

247. Anisah binti H Arsyad Ismail (BTJ-008) wafat 4 September 2018 pada usia 68 tahun;

248. Sumadi bin Nitirejo (JKS-078) wafat 5 September 2018 pada usia 63 tahun;

249. Jejeng Kurnia Somawijaya bin J. Somawijaya (JKS-090) wafat 5 September 2018 pada usia 66 tahun;

250. Siti Rahma binti Sayadi Asyari (SUB-030) wafat 5 September 2018 pada usia 75 tahun;

251. Wahide bin Padu Baba (UPG-026) wafat 5 September 2018 pada usia 75 tahun;

252. Rukiah binti Musa Abdullah (MES-015) wafat 5 September 2018 pada usia 68 tahun;

253. Euis Eti Rohaeti binti Sukrawinata (JKS-037) wafat 5 September 2018 pada usia 62 tahun;

254. Boiran Gutoyo bin Karto (SUB-037) wafat 5 September 2018 pada usia 77 tahun;

255. Zainal bin Zainuddin (SUB-065) wafat 6 September 2018 pada usia 70 tahun;

256. Lapandu bin Lakarame (BPN-006) wafat 6 September 2018 pada usia 57 tahun;

257. Sarip bin Jumaril (PLM-015) wafat 5 September 2018 pada usia 69 tahun;

258. Dulah Yasin Ngadiman bin Ngadiman (JKG-049) wafat 6 September 2018 pada usia 78 tahun;

259. Suhari bin Ahmad Kamari (MES-020) wafat 6 September 2018 pada usia 82 tahun;

260. Misriadi Murid Abdullah bin Muris (PIHK) wafat 5 September 2018 pada usia 60 tahun;

261. Jail bin Niun (JKS-024) wafat 7 September 2018 pada usia 86 tahun;

262. Bustami bin Tangguli (PDG-013) wafat 8 September 2018 pada usia 70 tahun;

263. Madras bin H Bastari (PLM-018) wafat 8 September 2018 pada usia 65 tahun;

264. Zainuddin bin Sead (JKG-056) wafat 8 September 2018 pada usia 61 tahun;

265. Syarifah Aisyah binti Syarif Yusuf (BTH-015) wafat 8 September 2018 pada usia 73 tahun;

266. Purbandari binti Budi Harjono (SOC-029) wafat 8 September 2018 pada usia 43 tahun;

267. Jamini binti Kaserin (SUB-082) wafat 9 September 2018 pada usia 76 tahun;

268. Baco bin Usman (LOP-010) wafat 9 September 2018 pada usia 67 tahun;

269. Nursiah Daeng Baji binti H Mahamin (UPG-028) wafat 9 September 2018 pada usia 51 tahun;

270. A Menteng binti A Parenta (UPG-033) wafat 10 September 2018 pada usia 73 tahun;

271. Husnah Soleh Arkawi binti Soleh Arkawi (JKG-053) wafat 10 September 2018 pada usia 68 tahun;

272. Daliyem Ny binti Suriman (JKS-054) wafat 10 September 2018 pada usia 60 tahun;

273. Kamisin bin Jum (BTJ-006) wafat 10 September 2018 pada usia 62 tahun;

274. Dasminah binti Maman bin Dama (JKS-070) wafat 10 September 2018 pada usia 70 tahun;

275. Tugiyah Sulastri Kasan Darmo binti Kasan Darmo (JKG-057) wafat 10 September 2018 pada usia 74 tahun;

276. Aitti Atika binti Habang (UPG-055) wafat 11 September 2018 pada usia 64 tahun;

277. Waginah binti Mrakih (SUB-083) wafat 12 September 2018 pada usia 75 tahun; Arafah

278. Kamdi Amat Rejo bin Amat Rejo (SOC-77) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

279. Moh. Hirjan bin Munakip (LOP-001) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 67 tahun

280. Raji bin Samingan (MES-001) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 77 tahun;

281. Suhartini binti Kamdi Suryokaryono (JKG-058) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

282. Mahdi Jakfar Maddan bin Jakfar (PIHK) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

283. Warno bin Noyo Droni (BTH-024) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

284. Adi Tjardidjo bin Tjarsilan (JKS-072) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

285. Siti Nurroudlotul Masluhan (BTH-012) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 56 tahun; Muzdalifah

286. Slamet Masirun Rekso bin Masirun (SUB-039) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

287. Nurdjanah binti Mahmud (PLM-005) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 74 tahun;

288. Sri Jumani binti Samardi (JKG-033) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 50 tahun;

289. Nurhayati binti Arban Abdullah (BTH-003) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 59 tahun; dan

290. Abdullah Lakkase Laedang bin Lakkase (PIHK) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 63 tahun.

291. Hayuya binti H. Saimi (PDG-009) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 81 tahun; Mina

292. Kartinah Abu Hasan (SOC-063) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 68 tahun;

293. Seni binti Parto Wiryo (BTH-023) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 62 tahun;

294. Siti Aminah binti Muhammad Hasaeni (SOC-095) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

295. Miswan bin Buang Busono (SUB-004) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 63 tahun

296. Siti Udia binti M Saleh (LOP-006) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

297. Abdul Radjak Igris bin Igris A. Mahmud (UPG-025) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 60 tahun;

298. Suryana binti Bahari Abdul Razak (BTH-012) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 50 tahun;

299. Maseron bunti Juliyan Basir (JKG-046) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

300. Budiyono bin Ramelan (SOC-084) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 80 tahun;

301. Tatang Sunarta bin Ikung (JKS-072) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

302. Supeni bin Yahkun Barnawi (BTH-008) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

303. Abdullah Rumbawa bin Tatlau Rumbawa (UPG-011) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 79 tahun;

304. Isnaniah Ali Mansyur binti Ali Mansyur (PIHK) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 47 tahun;

305. Tini Rochani binti Andun Rusmana wafat 21 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

306. Maniti binti Luddin (SUB-007) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 61 tahun;

307. Basirun bin Main (PDG-009) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 51 tahun; dan

308. Mohammad Baharuddin Harun bin Harun (BTH-019) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 69 tahun;

309. Zainab binti Abdus Samad (BTH-004) wafat 21 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

310. Iroh binti Odi Dulgani (JKG-061) wafat 24 Agustus 2018 pada usia 73 tahun;

311. Mulyani binti Mulyadi (JKS-064) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 53 tahun;

312. Ali Arman bin Muhammad Djarim (PDG-016) wafat 23 Agustus 2018 pada usia 53 tahun;

313. Suminah binti Samaji (SUB-080) wafat 22 Agustus 2018 pada usia 66 tahun;

314. Moncot Hasibuan (MES-021) wafat 24 Agustus 2018 pada usia 78 tahun; dan

315. Yuli Muarifa binti Muhammad Arif (SUB-028) wafat 25 Agustus 2018 pada usia 49 tahun; dan

316. Saidi bin Jahri Aji Jamat (PLM-001) wafat 28 Agustus 2018 pada usia 77 tahun; Arafah

317. Basuki Setia Sejati bin Muhammad Rachami (SOC-087) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 55 tahun;

318. Siti Halimah binti Ahmad Jemat (BTJ-006) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 76 tahun;

319. Siti Rofingah binti Ahmad Dahlan (SOC-091) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 63 tahun;

320. Patonah binti Carta (JKS-080) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 65 tahun;

321. Yusuf Lewa bin Abdullah Lewa (SUB-065) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 78 tahun;

322. Qomariyah binti Abdullah (SUB-006) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

323. Saripah Marsip Husin binti Marsip (JKG-046) wafat 19 Agustus 2018 pada usia 83 tahun; dan

324. H. Dinar Ali bin Dinar (BPN-007) wafat 20 Agustus 2018 pada usia 66 tahun; Bandara

325. Hartati Hasan Pate (UPG-34) wafat 14 Agustus 2018 di KKHI Bandara disebabkan respiratory diseases pada usia 39 tahun;

326. Mukit Ikin Paing (SUB-66) wafat 12 Agustus 2018 di KKHI Bandara disebabkan diseases of the genitourinary system pada usia 57 tahun;

327. Hadia Daeng Saming (UPG-05) wafat pada 20 Juli 2018, di Klinik Bandara AMMA disebabkan cardiac arrest pada usia 73 tahun;

328. Kasto bin Djojo Semito (SOC-053) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 78 tahun;

329. Saiful Bachri bin Turchan (SUB-068) wafat 29 Agustus 2018 pada usia 64 tahun;

330. Hasnah Burhan Dali binti Burhan (PDG-006) wafat 4 September 2018 pada usia 75 tahun; dan

331. Hartini binti Panut Sujono (SOC-074) wafat 10 September 2018 pada usia 76 tahun.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Berencana Bayar Meksiko untuk Bantu Deportasi Imigran Gelap

Posted: 13 Sep 2018 08:31 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Selama beberapa tahun terakhir, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump gagal memaksa Meksiko untuk 'turun tangan' dalam membiayai pembangunan tembok pembatas.

Namun kini, Washington justru menjanjikan pembayaran nilai tertentu kepada Meksiko City untuk membantu mendeportasi imigran ilegal yang berusaha memasuki wilayah AS.

Dalam pemberitahuan terkini yang disampaikan ke Kongres, sebagaimana dikutip dari New York Times pada Kamis (13/9/2018), pemerintahan Presiden Trump bermaksud mengambil US$ 20 juta (setara Rp 296 miliar) dari anggaran bantuan asing, untuk membantu Meksiko membayar pesawat dan ongkos bus dalam tindakan deportasi terhadap sekitar 17.000 orang imigran ilegal.

Uang itu akan membantu meningkatkan deportasi imigran dari Amerika Tengah, yang banyak di antaranya melewati Meksiko untuk sampai ke perbatasan Amerika Serikat.

Setiap imigran ketahuan tidak memiliki dokumen resmi ketika melintasi Meksiko, atau mereka yang dicurigai sebagai teroris, juga akan dideportasi di bawah program terkait.

Katie Waldman, juru bicara Kementerian Dalam Negeri AS, mengatakan program itu dimaksudkan untuk membantu mempersempir arus imigrasi di perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko.

"Kami bekerja sama dengan rekan-rekan kami di Meksiko untuk menghadapi meningkatnya angka kekhawatiran perbatasan, dan memastikan bahwa mereka yang memiliki klaim sah atas akses perlindungan yang sesuai," kata Waldman.

Rencana tersebut, yang telah diperdebatkan selama berbulan-bulan, merupakan bagian dari siasat lanjutan Presiden Donald Trump untuk mengalihkan miliaran bantuan asing ke prioritas lain.

Gedung Putih diketahui belum menghabiskan hampir US$ 3 miliar (setara Rp 44,4 triliun) dana bantuan luar negeri, yang dialokasikan tahun lalu oleh Kongres dengan dukungan bipartisan.

Ratusan juta dolar itu sejatinya dimaksudkan untuk membantu menstabilkan kondisi di Suriah dan mendukung sekolah-sekolah Palestina, serta layanan rumah sakit.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

Taktik Baru Pemerintahan Donald Trump

Presiden AS Donald Trump dan Melania Trump meninggalkan Winfield House di London, Kamis (12/7). Menghadiri acara makan malam, Melania terlihat begitu cantik dan anggun dalam balutan gaun panjang dengan 'cape' warna kuning. (AP/Pablo Martinez Monsivais)

Manuver di atas adalah yang terbaru dari pemerintahan Donald Trump, untuk mengurangi jumlah imigran yang melintasi perbatasan di barat daya.

Bagian paling menonjol dari upaya tersebut adalah kebijakan "tanpa toleransi", yang secara tegas menolak kedatangan imigran ilegal.

Kebijakan itu menyebabkan praktik kontroversial berupa pemisahan anak-anak dari orang tua mereka di perbatasan, yang memicu krisis kemanusiaan.

Tetapi para penasihat presiden juga telah menggunakan strategi lain untuk menghalangi imigran, termasuk membenahi aturan seputar siapa yang berhak mendapat suaka.

Di bawah program ini, Meksiko diharapkan berkenan ikut bertanggung jawab menahan dan memberikan tinjauan hukum terhadap imigran, sebelum mendeportasi mereka.

Di lain pihak, berbagai kelompok advokasi imigran menyebut rencana "uang jasa" pada Meikso adalah pemborosan, dan cenderung salah arah dalam mengatasi imigran ilegal.

"AS seharusnya tidak membayar negara lain untuk melakukan pekerjaan kotor itu, karena seharunya kita benar-benar memperbaiki sistem imigrasi, dan membantu negara-negara ini kembali dengan pijakan yang kuat," kata Ali Noorani, Direktur Eksekutif Forum Imigrasi Nasional.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tanpa Cristiano Ronaldo, Real Madrid Malah Efektif

Posted: 13 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Madrid - Cristiano Ronaldo telah meninggalkan Real Madrid pada bursa transfer musim panas lalu. Kehilangan Ronaldo ternyata tak melemahkan kekuatan Los Blancos, julukan Real Madrid.

Tim asuhan Julen Lopetegui itu terlihat lebih bahagia. Buktinya, dari tiga pertandingan di La Liga, mereka selalu mencatatkan kemenangan dengan catatan 10 gol dan dua kebobolan.

Statistik menunjukkan, Real Madrid menjadi tim yang efektif sejak ditinggal Cristiano Ronaldo. Sepuluh gol yang mereka ciptakan tercipta dari 19 tembakan ke gawang lawan dengan tingkat efektivitas sebesar 52,63 persen.

Setiap kali Real Madrid mendekati gawang lawan, ada kemungkinan Gareth Bale dan kawan-kawan bisa mencetak gol. Kenyataanya, setengah dari tembakan Los Blancos ke mulut gawang berubah dalam bentuk perayaan.

Tidak satu tim pun di liga yang memiliki angka-angka tersebut. Tim yang paling mendekati Real Madrid adalah Huesca (46,15 persen) dan Athletic Club (44,44 persen) dalam hal gol.

Dominasi Permainan

Kapten Real Madrid Serigo Ramo. (AP Photo/Andrea Comas)

Real Madrid juga menonjol pada awal musim ini dalam hal permainan dan persentase penguasaan bola. Namun, efektivitas di mulut gawang itu telah mengubah permainan bagus dalam bentuk poin.

Jika Toni Kroos terkenal dengan 333 umpan suksesnya, Bale dan Benzema melakukannya dengan gol-gol dan membentuk pasangan terbaik di Liga dengan tujuh gol.

Kapten Real Madrid, Sergio Ramos juga tak khawatir dengan kepergian Ronaldo ke Juventus. Faktanya, Los Blancos telah membuktikan mereka mampu tanpa Ronaldo.

"Hilangnya pemain penting seperti itu adalah negatif, tetapi itu bukan berarti kami akan berhenti menang," ungkap Ramos, mengutip dari Goal.

Laga Selanjutnya

Pada pekan keempat, Real Madrid akan menghadapi Athletic Bilbao di San Mames Baria, Minggu (16/9/2018).

"Tidak peduli apa yang terjadi, Madrid tidak akan berhenti menang. Ia (Ronaldo) telah memutuskan untuk mengubah panggung dan semoga di akan melakukannya dengan baik," ucap Ramos.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bank Sentral Turki Dongkrak Suku Bunga Acuan Jadi 24 Persen

Posted: 13 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Bank sentral Turki menaikkan suku bunga acuan menjadi 24 persen. Suku bunga acuan itu naik 625 basis poin (bps) dari sebelumnya 17,75 persen.

Kenaikan suku bunga acuan itu mendorong mata uang Turki lira melompat lebih dari dua persen. Suku bunga acuan yang naik itu melebihi harapan pasar dengan kenaikan 300-400 basis poin. Langkah bank sentral Turki itu mendorong lira menguat hingga sentuh level tertinggi 6,00 terhadap dolar Amerika Serikat (AS).

Mengutip laman Reuters, Jumat (14/9/2018), bank sentral Turki menaikkan suku bunga acuan 625 basis poin termasuk terbesar dalam 15 tahun pemerintahan Turki di bawah pimpinan Presiden Turki Tayyi Erdogan. Kenaikan suku bunga ini juga mengurangi kekhawatiran investor atas pengaruh Erdogan pada kebijakan moneter.

Keputusan bank sentral Turki itu terjadi meski Erdogan menentang terhadap suku bunga tinggi sebelumnya. Ia menuturkan, inflasi tinggi merupakan hasil dari langkah-langkah bank sentral yang salah.

Krisis mata uang Turki telah didorong kekhawatiran tentang pengaruh Erdogan pada kebijakan moneter. Akan tetapi, sentimen pertikaian diplomatik Turki dan AS juga turut mempengaruhi.

"Sangat menyenangkan untuk melihat akal sehat yang berlaku. Kenaikan suku bunga di Turki memulihkan kredibilitas kebijakan moneter, dan itu sangat penting," ujar Head of Emerging Market Aberdeen Standard Invesments, Brett Diment.

Sementara itu, data ekonomi Turki lainnya meninjukkan inflasi mencapai 17,9 persen pada Agustus 2018. Level itu tertinggi sejak akhir 2003. Hal itu mendorong bank sentral untuk menyesuaikan posisi moneternya pada pertemuan September dalam hadapi risiko signifikan terhadap kestabilan harga.

Bank sentral mengatakan masih ada potensi kenaikan risiko terhadap prediksi inflasi Turki meski kondisi permintaan domestik melemah. "Dengan demikian, komite memutuskan untuk menerapkan pengetatan moneter yang kuat dalam stabilkan harga,".

 

Lira Menguat

Turis asing, terutama dari Arab Saudi dan Asia, mengantre di luar toko barang mewah, Louis Vuitton di Istanbul, 13 Agustus 2018. Anjloknya mata uang Lira mendatangkan keuntungan bagi para turis yang melancong ke Turki. (AFP/Yasin AKGUL)

Lira pun menguat tiga persen menjadi 6,18 terhadap dolar AS usai diperdagangkan 6,41. Mata uang lira Turki melemah 38 persen terhadap dolar AS.

Analis Credit Agricole, Guillaume Tresca menuturkan, ekonomi perlu melambat karena terlalu overheating. Kenaikan suku bunga pun diperlukan untuk kurangi depresiasi lira.

"Jelas itu akan memiliki konsekuensi negatif pada ekonomi. Akan tetapi saya mengatakan, itu kurang penting jika Anda memiliki hard landing dari pada perusahaan besar default karena depresiasi lira dan inflasi," kata dia.

Sementara itu, Piotr Matys, Analis Rabobank menuturkan, bank sentral telah mengambil langkah yang menentukan untuk memulih kepercayaan pada lira.

Selain itu, Turki juga perlu selesaikan perselisihan dengan Amerika Serikat yang mendorong lira ke rekor terendah pada bulan lalu. Matys juga menilai, Turki juga perlu seimbangkan kembali ekonomi dari proyek infrastruktur yang besar dan belanja konsumen.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Rekaman Angkot Kalibata Tabrak Petugas karena Ketakutan

Posted: 13 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seorang sopir angkot ketakutan saat akan dirazia oleh petugas gabungan. Saking ketakutannya, sang sopir nekat menabrak motor petugas hingga terpental.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Inul Daratista Blak-Blakan Soal Jalani Program Bayi Tabung

Posted: 13 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Inul Daratista sempat kesulitan mendapatkan anak. Bersama sang suami, Adam Suseno, Inul Daratista berusaha habis-habisan untuk bisa mendapatkan momongan.

Beruntung, Inul Daratista berkenalan dengan metode bayi tabung. Hingga akhirnya, metode tersebut mampu membuat si pedangdut hamil dan melahirkan anak bernama Yusuf Ivander Damares.

Saat ini Ivan sudah berusia 9 tahun. Dan pada satu kesempatan, Inul Daratista sedikit mengenang kembali mengenai proses bayi tabungnya yang tak terlupakan itu.

"Kalau saya sih bayi tabungnya agak susah ya. Kalau saya nggak punya anak, dibilang pusing sih nggak. Cuman ada apa namanya, kista yang nutup di dinding rahim. Jadi sperma yang masuk itu nggak bisa jadi, istilahnya kebuntu gitu," kata Inul Daratista.

 

 

Proses Bayi Tabung

Inul Daratista dan Ivan (Instagram/inul.d)

"Makanya harus ada bayi tabung. Sama dengan orang sperma dimasukin, tapi kalau bayi tabung itu kan indung bayi kita yang mateng diambil, sperma suami diambil terus dikawinkan di luar. Terus akhirnya dibentuk menjadi embrio baru dimasukkan lagi ke saya," jelas wanita asal Pasuruan ini.

Lebih jauh, Inul Daratista menjelaskan secara detail proses bayi tabungnya yang cukup ribet dan penuh perjuangan. Seperti yang sudah bisa diduga, perjuangan ekstra dirasakan oleh pihak wanita ketimbang laki-laki.

 

 

Ratusan Juta

Inul Daratista, Adam Suseno, Ivan (via instagram.com/inul.d)

"Nah di situ tuh yang berat ibunya, yang kalau laki-lakinya tinggal encrut ya, modalnya cuma segitu doang mbak, lha kalo ceweknya, diteropong segala macem. Terus apalagi dokter bilang, 'Mulai besok selama 2 minggu kamu suntik sendiri'. Perutnya disuntik dikasih obat penyubur indung telur biar mateng. Abis itu kalau sudah mateng masuk lagi ke RS, sama dokternya dilihat, masih belum mateng, disuntik lagi. Abis itu mateng ya sudah saya masuk ruangan, Mas Adam dengan spermanya dan saya indung telurnya yang sudah digunting dan itu guntingnya masuk ke dalem loh, itu berasa banget. Langsung dibawa 3 hari balik dan dikasih tahu, ini jadinya. Yang bagus-bagus ada berapa biji, kemarin itu kalau nggak salah ada tiga, ada tujuh pasang semua," jelas Inul Daratista lebih jauh.

Ketika menjalani proses bayi tabung tahun 2009 silam, Inul Daratista menghabiskan uang sekitar 400 juta rupiah. Dan menurutnya, harga itu bisa lebih mahal atau murah tergantung dari dokter yang menangani. 

"Kalau budget sih relatif sih ya gitu. Bisa tergantung dokternya kalau mau ngasih diskon Alhamdulilah," pungkas Inul Daratista (Kapanlagi.com/ Guntur Merdekawan)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

4 Pekerjaan Paling Tepat bagi Orang Sensitif

Posted: 13 Sep 2018 08:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Sebelum memasuki dunia kerja, ada baiknya jika Anda mengenali diri terlebih dahulu. Ini dilakukan agar bisa memasuki dunia kerja yang tepat dan dapat melakukan pekerjaan dengan baik.

Bagi orang yang memiliki perasaan begitu sensitif, tidak mudah menghadapi dunia kerja. Dikutip dari Purewow, Jumat (14/9/2018), sebuah penelitian menunjukkan bahwa 20 persen populasi dianggap sangat sensitif. Jika Anda adalah orang yang sensitif secara biologis, Anda akan menjadi begitu responsif dengan dunia sekitar. Sikap responsif inilah yang memengaruhi kehidupan, termasuk soal pekerjaan.

Untuk itu, sebagai orang sensitif, Anda perlu tahu pekerjaan apa saja yang sekiranya cocok. Dengan begitu, antara perasaan dan pikiran bisa berjalan dengan seimbang ketika bekerja. Terdapat empat bidang pekerjaan yang cocok bagi orang sensitif. Apa saja?

1. Bidang kreatif

Semangat bekerja (Ilustrasi iStock)

Kebanyakan orang yang sensitif memiliki kreativitas lebih tinggi. Untuk itu, ada baiknya jika pekerjaan yang diambil memanfaatkan sisi kreativitas Anda. Seperti menulis atau menjadi desain grafis. Puaskan diri Anda dengan pekerjaan yang menuntut kreativitas.

2. Kesehatan

Orang yang sensitif biasanya juga intuitif dan empati. Mereka begitu hebat untuk mengurusi pasien satu per satu. Tidak semua profesi kesehatan cocok. Namun, Anda bisa mengambil pekerjaan seperti konsultan kesehatan, pekerja rumah sakit, atau ahli terapi fisik.

3. Bisnis

Ilustrasi kantor dan tempat kerja (iStockphoto)

Kesalahpahaman yang umum dihadapi oleh orang sensitif adalah bahwa mereka tidak bisa menjadi pemimpin. Namun siapa bilang? Orang sensitif justru berorientasi pada perkembangan sebagai pemilik usaha kecil. Mereka mungkin akan menciptakan suasana pekerjaan yang ramah dan memikat bagi karyawan.

4. Pekerja lepas

Terkadang Anda tidak bisa berkembang karena memiliki rekan kerja yang lamban. Daripada menimbulkan gesekan, lebih baik Anda menjadi pekerja lepas. Anda akan bekerja lebih independen dan memiliki kemampuan untuk mengatur jadwal sendiri. Selain itu, karena bekerja dengan berorientasi pada hal detail, Anda mungkin akan memotivasi diri sendiri untuk berkembang.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jokowi Buka Sidang Umum Organisasi Perempuan Dunia di Yogyakarta

Posted: 13 Sep 2018 08:26 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan membuka secara resmi Sidang Umum Ke-35 International Council of Women (ICW) atau organisasi perempuan dunia di bawah PBB. Acara yang digelar ICW dan Kongres Wanita Indonesia itu juga mengadakan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, Jumat (14/9/2018).

Berdasarkan jadwal yang diperoleh dari panitia, Presiden Jokowi akan tiba di Hotel Grand Inna Malioboro sekitar pukul 14.00 WIB. Pembukaan acara Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia akan berlangsung beberapa saat setelah kedatangan Jokowi.

Dalam acara ini, Ketua Umum Kowani (Kongres Wanita Indonesia) Giwo Rubianto Wiyogo akan menyampaikan Deklarasi Perempuan Indonesia dan penandatanganan seribu organisasi perempuan secara simbolik dari perwakilan organisasi perempuan. Rangkaian acara Sidang Umum Ke-35 ICW tetap berlangsung hingga 18 September.

Begitu pula Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia yang berlangsung sejak Kamis 13 September juga akan berakhir pada Jumat malam.

 

Pecahkan Rekor Muri

Sidang Umum Ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia didukung penuh Kementerian BUMN dan 35 perusahaan di bawah BUMN. Atas penyelenggaraan acara itu, Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) juga memberikan piagam pencatatan rekor kepada tiga pihak, yaitu Kowani, Kementerian BUMN, serta Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo, sebagai penyelenggaraan pertemuan seribu organisasi perempuan yang menjadi pertemuan dengan delegasi organisasi terbanyak.

Menteri BUMN Rini Soemarno menerima piagam penghargaan dari Muri itu karena juga menjadi tokoh perempuan kebanggaan Indonesia. Menteri BUMN Rini Soemarno pun mengaku bangga karena ternyata ada seribu organisasi perempuan di Indonesia yang hadir dalam temu nasional itu.

"Saya semula sangsi, apakah benar ada seribu, ini seribu perempuan atau seribu organisasi perempuan, ternyata saya dapat konfirmasi bahwa ada seribu organisasi perempuan di Indonesia, saya bangga," katanya yang disambut tepuk tangan hadirin saat memberikan sambutan pada Kamis 13 September, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia memperhatikan soal pemberdayaan perempuan di berbagai bidang. Rini merupakan salah satu dari delapan menteri perempuan yang menduduki posisi strategis di jajaran kabinet pemerintahan.

Menurut dia, perempuan harus saling bekerja sama untuk bahu membahu mengatasi berbagai persoalan perempuan dan membangun bangsa. "Kita punya kekuatan untuk mendorong negara ini menjadi lebih kuat dan maju lagi," katanya di hadapan para peserta Sidang Umum Ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sonia Wibisono Jadi Salah Satu Wakil Indonesia di Rapat Tinggi PBB

Posted: 13 Sep 2018 08:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Artis yang juga dokter Sonia Wibisono bakal menjadi salah satu wakil Indonesia untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York pada 26 September hingga Oktober mendatang. 

Kedatangan dr Sonia Wibisono sebagai anggota delegasi Indonesia pada pertemuan tingkat tinggi pertama Majelis Umum PBB ini untuk memberantas TBC bersama dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Kesehatan Prof Dr Nila Moeloek, Menko PMK Puan Maharani, dan pejabat terkait lainnya.

Sejumlah kepala negara, termasuk Presiden AS Donald Trump, akan menghadiri rapat tinggi ini karena TBC merupakan penyakit infeksi yang masih mewabah di berbagai negara dengan pencegahan dan penanganan yang sangat sulit.

"Saya akan hadir sebagai delegasi Indonesia dalam rapat tinggi PBB di New York, yang mewakili masyarakat sipil untuk membentuk suatu kelompok kerja masyarakat sipil perwakilan rapat tinggi PBB," ujar Sonia Wibisono dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (13/9/2018).

 

Negara Tertinggi

dr Sonia Wibisono

Menurut Sonia Wibisono, Indonesia merupakan negara kedua tertinggi penderita TBC-nya setelah India dan setiap hari 300 orang meninggal karena TBC. 

"Kita harus bersemangat tinggi bersama sama kita membantu pemberantasan TBC ini, karena bisa mengenai semua kalangan, bawah menengah maupun atas," ujarnya.

Pengalaman

Sonia Wibisono (Adrian Putra/bintang.com)

Terkait TBC, Sonia Wibisono mengaku punya pengalaman yang menyedihkan. Yakni saat ada saudaranya yang terserang penyakit ini. Padahal, lingkungan rumahnya bersih. Tetapi karena di lingkungan pergaulannya ada yang terdeteksi mengidap penyakit ini ditambah kebetulan kondisi daya tahan tubuh yang sedang menurun. 

"Penyakit TBC (tuberculosis) masih banyak sekali di Indonesia, sebabnya karena kuman mycobacterium tuberculosis ini gampang menular dari satu orang ke orang lain serta orang dengan daya tahan tubuh yang rendah," ujarnya.

"Saya berharap masyarakat bisa berperan serta dengan membantu memberikan informasinya yang berkaitan dengan itu, sehingga persoalan ini bisa saya sampaikan dan bahas di pertemuan tersebut," pungkasnya.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Huawei Ejek Apple Usai Rilis iPhone Terbaru

Posted: 13 Sep 2018 08:17 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Huawei kembali berkomentar mengenai kehadiran produk smartphone baru dari kompetitornya. Kali ini, perusahaan asal Tiongkok itu mengejek Apple yang baru merilis tiga model iPhone terbaru.

Dikutip dari GSM Arena, Jumat (14/9/2018), aksi ini dibalut dengan pengumuman mengenai jadwal rilis Huawei Mate 20 yang dilakukan sebentar lagi.

Meski tidak langsung menyebut Apple, tweet tersebut jelas ditujukan kepada Apple mengingat Huawei mengunggahnya tidak lama setelah iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR meluncur.

Dalam tweet tersebut, Huawei berterima kasih secara tidak langsung pada Apple karena merilis produk dengan spesifikasi yang tidak berubah dari sebelumnya. Tak lupa, perusahaan mengingatkan tentang acara peluncuran yang akan dilakukan bulan depan

"Terima kasih sudah mempertahankan hal yang sama. Sampai jumpa di London. 16.10.18," tulis akun @HuaweiMobile.

Perusahaan juga menuliskan sejumlah hal yang diduga menjadi nilai jual Mate 10, seperti 'beyond consistency' dan 'beyond horizon'.

Sekadar informasi, ini bukan kali pertama Huawei melakukan hal serupa. Usai Samsung merilis Galaxy Note 9, Huawei juga secara halus menyindir Samsung.

Sindiran Huawei terhadap Samsung adalah minimnya peningkatan yang dilakukan perusahaan pada Galaxy Note 9. Padahal, perangkat itu menyandang predikat flagship smartphone.

"Dengan P20 Pro, kami menawarkan peningkatan yang sebenarnya dengan tiga lensa kamera beresolusi 40MP, 5x zoom dan banyak hal lainnya. Bayangkan apa yang dapat terjadi selanjutnya," tulis Huawei ketika itu.

Apple Resmi Umumkan iPhone XS dan iPhone XS Max

iPhone XS, XS Max, dan XR, yang diperkenalkan di Apple Event, Rabu (12/9/2018). Liputan6.com/Jeko I.R.

Teka-teki iPhone teranyar Apple akhirnya terjawab sudah. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) tersebut, baru saja mengumumkan kehadiran iPhone terbarunya: iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Dua iPhone terbaru ini diperkenalkan di gelaran Apple Event, yang dihelat langsung dari Steve Jobs Theater di Apple Campus, Cupertino, California, Rabu pagi (12/9/2018) waktu setempat. 

"iPhone X adalah definisi dari smartphone masa depan. Perangkat ini hadir dengan revolusi fitur Face ID dan modus kamera Portrait Mode. Sebanyak 98 pelanggan kami bahkan puas dengan iPhone X," ujar Cook saat membuka sesi keynotes-nya.

iPhone XS mengusung layar 5,8 inci dengan panel OLED Super Retina, sedangkan iPhone XS Max memiliki bentang layar yang lebih besar, yakni 6,5 inci. Ia juga dibalut dengan layar panel OLED Super Retina. 

Keduanya tetap mengadopsi desain layar edge-to-edge alias bezeless dengan notch yang sama dengan iPhone X.

Di notch tersebut, bertengger sejumlah sensor, seperti kamera selfie, infrared, flood illuminator, sensor ambient light, proximity, microphone, dan dot projector.

Baik iPhone XS dan XS Max juga diklaim memiliki fitur Face ID dengan akurasi yang lebih cepat.

Kedua iPhone ini pun mengusung material stainless steel dengan bezel silver yang menyelimuti pinggiran bodi.

Tak cuma itu, mereka dilengkapi fitur tahan air bersertifikasi IP68 yang telah diuji tahan dengan berbagai macam cairan.

Prosesor Generasi Baru, A12

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Beranjak ke dapur pacu, iPhone XS dan XS Max dipersenjatai dengan prosesor terbaru Apple dalam chip 7 nanometer, yakni A12 Bionic dengan teknologi cerdas Neural Engine. Prosesor ini memiliki 6,9 miliar unit transistor, dengan CPU 6 inti.

Pada sektor kapasitas penyimpanan, iPhone XS dan XS Max hadir dalam tiga varian memori internal: 64GB, 256GB, dan yang terbesar 512GB.

iPhone XS dan XS Max tetap mempertahankan kamera ganda sama halnya seperti iPhone X.

Namun, kamera pada iPhone ini memiliki kinerja lebih baik dan cerdas berkat teknologi Neural Engine dari prosesor A12.

Dua iPhone baru ini menghadirkan lensa wide-angle dengan resolusi 12MP dan flash True Tone yang lebih baik.

Adapun lensa berikutnya adalah lensa telephoto dengan resolusi 12MP. Keduanya sama-sama dilengkapi fitur Optical Image Stabilization (OIS) dan sensor terbaru. 

(Dam/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Bulog Pastikan Tak Akan Impor Beras hingga Akhir Tahun

Posted: 13 Sep 2018 08:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perum Bulog menyatakan hingga akhir tahun tidak akan impor beras. Hal tersebut lantaran stok beras milik BUMN tersebut masih melimpah.

Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso, mengatakan, saat ini stok beras di gudang Bulog mencapai 2,2 juta ton. Itu pun sudah tidak mampu tertampung di gudangnya sehingga harus meminjam gudang milik TNI.

"Bulog punya cadangan banyak. Di gudang 2,2 juta ton. Kemampuan gudang kita 3 juta ton, tapi ada yang rusak dan lain-lain. Makanya kita sewa, pinjam gudang TNI," ujar dia di Pasar Kramat Jati, Jakarta, Jumat (14/9/2018).

Dia menuturkan, selain di gudang Bulog, stok di pedagang beras masih cukup banyak. Jadi tidak ada alasan bagi Bulog untuk kembali melakukan impor.

"Sudah nyata kita bisa beras dalam negeri banyak. Masyarakat sendiri dapat suplai dari pedagang ini banyak. Kemarin operasi pasar kita Rp 8.700, kita bersaing dengan yang Rp 8.200 (milik pedagang)," kata dia.

Oleh sebab itu, kata Budi, hingga akhir tahun pihaknya belum berencana untuk melakukan impor beras. Meski begitu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) hingga saat ini telah menerbitkan izin impor hingga 2 juta ton.

"Meski ada perintah 1 miliar ton (impor), saya pelaksana teknis, ini saya harus tahu (untuk apa). Kalau impor 1 juta ton mau taruh di mana. Mungkin kalau Kementerian Perdagangan mau siapkan gudang. ‎Sampai akhir tahun insyaallah tidak perlu impor. Bahkan jangan-jangan tahun depan kita ekspor," ujar dia.

Bulog Simpan 2 Juta Beras Impor sebagai Cadangan

Para pedagang umum di beberapa pasar tradisional Bengkulu mulai merubah strategi dengan ikut menjual beras milik Bulog (Liputan6.com/Yuliardi Hardjo)

Sebelumnya, Perum Bulog mendapatkan izin dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk mendatangkan sisa jatah impor beras 1 juta ton hingga akhir September 2018. Dengan begitu, total izin yang didapatkan 2 juta ton.

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, izin rekomendasi impor beras sudah lama dikeluarkan pada saat rapat koordinasi (rakor) dengan berbagai pihak kementerian/lembaga.

"Rakor itu dipimpin Pak Menko (Perekonomian, Darmin Nasution), dihadiri oleh pak Mentan (Amran Sulaiman), Dirut Bulog, dan juga saya serta Kementerian BUMN. Itu keputusan rakor," jelas dia di Jakarta, Senin 20 Agustus 2018.

Sebagai informasi, Bulog pada tahun ini telah merealisasikan jatah impor beras sesuai rakor sebanyak 1 juta ton, yakni pada Februari sebesar 500 ribu ton dan Mei sebanyak 500 ribu ton.

Untuk perizinan impor ketiga sebanyak 1 juta ton yang habis masa berlakunya pada akhir Agustus 2018. Bulog juga mengajukan perpanjangan hingga 30 September 2018. Dengan begitu, total impor beras akan berjumlah sekitar 2 juta ton.

Saat ditanya soal penggunaan beras impor itu, Enggartiasto menyebutkan dia akan menyerahkannya kepada Bulog sebagai stok cadangan.

"Nanti diserahkan kepada Bulog sebagai cadangan. Cadangan dulu, kalau perlu baru dipakai," tukas dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: