Senin, 17 September 2018

Liputan6 : RSS2 Feed

Liputan6 : RSS2 Feed


Live Streaming Liga 1 Barito Putera Vs Bali United di Indosiar

Posted: 17 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Banjarmasin - Bali United akan mencoba untuk melanjutkan tren positif mereka di ajang Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Selasa (18/9/2018) sore, mereka akan melawat ke markas Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Kemenangan tentu menjadi target Bali United. Peluang mereka pun terbuka lebar. Empat kemenangan beruntun jadi modal bagus Serdadu Tridatu. Pada laga terakhir, mereka menang 3-2 atas Persela Lamongan.

"Barito Putera adalah tim yang solid dan belum sekalipun kalah saat bermain di kandang sendiri. Jadi kami sangat respek dengan Barito Putera yang ditangani sahabat saya Jackson Tiago sejak dulu bermain hingga sekarang," ujar Widodo Cahyono Putro, pelatih Bali United.

Di sisi lain, Barito juga butuh poin penuh demi menggusur Bali United dari posisi keempat klasemen Liga 1. Saat ini, Barito duduk di urutan kelima dan hanya terpaut dua poin dari Bali United.

Live Streaming Liga 1 Barito Putera Vs Bali United di Indosiar dimulai pukul 15.30 WIB. Dapatkan link Live Streaming Liga 1 Barito Putera Vs Bali United di Indosiar di halaman selanjutnya.

Link Live Streaming

Untuk link Live Streaming Liga 1 Barito Putera Vs Bali United di Indosiar silakan klik di sini....

Prediksi Susunan Pemain

Barito Putera (4-4-2): Aditya Harlan (kiper); Nazar Nurzaidin, M. Rifqi, Hansamu Yama, Jajang Sukmara (belakang); Paulo Sitanggang, Matias Cordoba, Aaron Evans, Douglas Packer (tengah); Samsul Arif, Marcel Sacramento (depan).

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Taufik Hidayat, Dias Angga, Agus Nova, Ricky Fajrin (belakang); Melvin Platje, Taufiq, Nick van der Velden (tengah); Sukarja, Ilija Spasojevic, Yabes Roni (depan).

Pelatih: Widodo C. Putro

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Agatha Chelsea Beradu Akting dengan The Sacred Riana

Posted: 17 Sep 2018 10:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Agatha Chelsea kembali memperlihatkan kepiawaiannya berakting. Kali ini, ia mendapat tantangan lebih karena bermain di film horor.

Film horor yang dimainkan Agatha Chelsea berjudul The Sacred Riana: The Beginning. Sesuai dengan judulnya, dara berkulit putih itu akan berakting bersama The Sacred Riana.

Adegan bersama The Sacred Riana bakal sering dilakukan Agatha Chelsea. Pasalnya, ia diplot sutradara untuk memerankan karakter Lusi, yang merupakan teman baik The Sacred Riana.

"Saya sebetulnya takut banget sama film horor. Tapi untuk film ini, saya harus profesional," kata Agatha Chelsea saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018).

 

 

 

 

Adegan Ekstrim

pemeran film The Sacred Riana (Adrian Putra/bintang.com)

Agatha Chelsea mengaku menjalani syuting selama sepekan di Tegal, Jawa Tengah. Saat itu, ia merasakan sensasi lain kala berakting di film bergenre horor.

"Main film horor itu benar-benar tantangan buat saya. Banyak sekali adegan ekstrim yang cukup menguras tenaga, harus saya lakukan di saat syuting," Agatha Chelsea mengungkapkan.

 

 

Rasakan Hal Aneh?

Agatha Chelsea

Karena berakting di film horor, apakah Agatha Chelsea merasakan hal aneh selama syuting berlangsung?

"Saya tidak menemui kejadian aneh saat proses syuting. Karena pada dasarnya saya tidak mempunyai kemampuan untuk melihat hal-hal gaib. Namun selama proses syuting, banyak yang saya pelajari dari para senior seperti Aura Kasih dan artis-artis lain," dia memungkasi.

 

 

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rupiah Kembali Sentuh 14.900 per Dolar AS, Ini Penjelasan BI

Posted: 17 Sep 2018 10:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Nilai tukar rupiah kembali melemah dalam pada perdagangan Selasa pagi. Bahkan kembali ke level 14.900 per dolar AS. Dilansir Bloomberg, Selasa, (18/9), mata uang Garuda tersebut melemah 39 poin ke Rp 14.919 per dolar AS.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo mengungkapkan depresiasi rupiah lebih disebabkan oleh sentimen global, seperti langkah AS menetapan tarif baru bagi China.

"Itu yang paling berperan dari risiko AS-China yang cukup (berperan) dan memengaruhi emerging countries, currency," kata dia saat ditemui, di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Dia berharap risiko dari faktor eksternal tidak akan memberikan tekanan yang terlalu besar terhadap rupiah. "Mudah-mudahan tekanannya enggak begitu besar karena itu salah satu risiko yang kita lihat sebagai risiko eksternal," kata dia.

Bank Indonesia, lanjut Dody, akan terus berupaya menjaga stabilitas rupiah dengan berbagai bauran kebijakan. "Kita terus jaga rupiah, stabilitas rupiah dan intervensi pun akan kita lakukan secara terukur," jelasnya.

"Kami akan lihat di minggu depan di RDG, semua risiko kita lihat di eksternal dan domestik, tidak ada yang baru dengan proses yang kita lakukan dari bulan-bulan sebelumnya," tandas dia.

Rupiah Hari Ini

Petugas melayani nasabah di gerai penukaran mata uang di Ayu Masagung, Jakarta, Senin (13/8). Pada perdagangan jadwal pekan, senin (13/08). Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS menyentuh posisi tertingginya Rp 14.600. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah pada perdagangan Selasa ini.

Mengutip Blooomberg, Selasa (18/9/2018), rupiah dibuka di angka 14.897 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya yang ada di angka 14.880 per dolar AS. Menjelang siang, rupiah terus melemah hingga menyentuh 14.933 per dolar AS.

Dari pagi hingga siang hari ini, rupiah bergerak di kisaran 14.897 per dolar AS hingga 14.933 per dolar AS. Jika dihitung dari awal tahun, rupiah melemah 10.17 per dolar AS.

Sedangkan berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI) rupiah dipatok di angka 14.908 per dolar AS, melemah jika dibandingkan dengan patokan sehari sebelumnya yang ada di angka 14.859 per dolar AS.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Harga Resmi Canon EOS R di Indonesia

Posted: 17 Sep 2018 10:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi diperkenalkan awal bulan ini, PT Datascrip sebagai distributor tunggal Canon, akhirnya memperkenalkan Canon EOS R di Indonesia. Kamera ini merupakan produk mirrorless full-frame pertama dari Canon.

Menurut Canon Division Director PT Datascrip Merry Harun, kamera ini merupakan salah satu produk yang dinanti-nantikan publik, khususnya para fotografer profesional.

"Fotografer profesional itu membutuhkan perangkat yang mumpuni, karenanya EOS R berharap dapat berkontribusi terhadap karya fotografer untuk tampil di kancah internasional," tuturnya saat peluncuran EOS R di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Canon EOS R dibekali dengan sensor CMOS 30,3 MP dan prosesor gambar DIGIC 8. Bersamaan dengan peluncuran kamera ini, Canon juga turut memperkenalkan empat seri lensa terbaru RF.

Adapun lensa RF tersebut adalah RF 50mm f/1.2L USM, RF 24-105mm f/4L IS USM, RF 28-70mm f/2L USM, dan RF 35mm f/1.8 IS SM. Lensa ini juga didukung dengan tiga jenis adaptor yang kompatibel untuk penggunaan lensa EF.

Kamera ini memiliki rentang ISO yang lebar, ISO 100-400.000. Tidak hanya itu, kamera ini juga sudah didukung dengan teknologi Dual Pixel CMOS AF untuk pencarian fokus yang lebih cepat.

Canon EOS R juga memiliki jendela electronic viewfinder (EVF) OLED hingga 3,69 juta titik. Sementara di bagian atasnya terdapat tombol pengaturan multifungsi berbasis sentuh-geser.

Digital Lens Optimizer

Foto Peluncuran Canon EOS R. Liputan6.com/ Agustinus Mario Damar

Pengguna juga dapat melakukan pengaturan lewat ring lensa RF, tanpa perlu melihat EVF lagi. Selain itu, EOS R juga merupakan kamera Canon pertama dengan fitur mode FV untuk pengaturan kecepatan rana, aperture, dan ISO secara fleksibel.

Canon bahkan menyertakan teknologi Digital Lens Optimizer untuk menyempurnakan hasil bidikan dengan koreksi difraction, aberration, dan peripheral illumination. Turut disertakan pula teknologi Dual Pixel RAW di kamera ini.

Rencananya, kamera ini dilepas untuk pasar Indonesia dengan harga Rp 39.999.000 (body only), sedangkan Canon EOS R yang dibundel dengan lensa RF 24-105mm f/4L IS USM dibanderol Rp 59.999.000.

Kamera ini dapat merekam video dalam UHD 4K pada 30p/25p. Fitur Canon Log juga disertakan dalam kamera ini membantu pengaturan kontras, detail, dan warna selama proses pascaproduksi.

Kehadiran kamera ini juga diakui sangat menarik oleh salah satu fotografer profesional Misbachul Munir. Menurutnya, EOS R sebagai kamera mirrorless memiliki ukuran yang lebih ringkas ketimbang DSLR.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

[vidio:(Video) Canon EOS 5Ds Vs Canon EOS 5Ds R]()

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suzuki GSX-1000S Katana Adopsi Turbocharger?

Posted: 17 Sep 2018 10:12 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki berencana merilis motor gede (moge) terbaru di Intermot 2018, Oktober mendatang. Moge itu disebut-sebut sebagai Suzuki GSX-1000S Katana.

Berbagai spekulasi terkait spesifikasi generasi terbaru Suzuki GSX-1000S Katana pun muncul akibat 2 video yang unggah situs resmi Suzuki. Salah satunya adalah rumor bahwa moge ini akan menjadi pesaing kuat bagi Kawasaki Ninja H2.

Ya, diprediksi bahwa Suzuki GSX-1000S Katana nantinya akan menggunakan mesin yang dilengkapi supercharger. Pasalnya, mengutip dari Bennets.co.uk, Suzuki telah beberapa kali mematenkan desain mesin dengan teknologi tersebut selama 5 tahun belakangan.

Selain itu, pabrikan asal Jepang ini juga pernah memperkenalkan motor turbocharger bernama Suzuki Recursion Concept pada ajang Tokyo Motor Show 2013 silam. Motor konsep ini muncul lagi dengan nama XE7 di gelaran yang sama 2 tahun berikutnya.

Awalnya Suzuki Recursion Concept memang dilengkapi dengan turbocharger. Namun, berdasarkan desain paten terbarunya, mesin motor sport half-fairing ini justru menggunakan supercharger layaknya Kawasaki Ninja H2.

Selanjutnya

Dengan tagline "completely new category and brand new bike will be born" atau "kategori dan motor yang benar-benar baru akan lahir", bukan tidak mungkin bahwa Suzuki GSX-1000S Katana akan mengusung mesin 2-silinder inline dengan turbocharger.

Namun, kemungkinan terbesar untuk saat ini adalah mempertahankan ciri khas mesin Suzuki GSX-1000S Katana, yaitu 4-silinder inline. Bisa jadi, dapur pacu ini diadopsi dari Suzuki GSX-S1000 yang telah beredar saat ini.

Suzuki GSX-S1000 mengandalkan mesin 4-silinder DOHC 999cc berpendingin cairan. Konfigurasi tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 138 hp dengan torsi maksimum 100 Nm.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pemain PSV Diminta Tidak Rebutan Jersey Lionel Messi

Posted: 17 Sep 2018 10:10 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Pelatih PSV Eindhoven Mark van Bommel memperingatkan para pemainnya untuk fokus pada pertandingan saat menghadapi Barcelona. Hirving Lozano dan kolega diminta tidak mementingkan bertukar jersey dengan Lionel Messi.

PSV akan memulai kiprahnya di Grup B Liga Champions musim 2018/19 dengan bersua Barcelona. Wakil Belanda ini bakal bertindak sebagai tamu pada laga yang digelar di Camp Nou, Selasa (18/9/2018) malam WIB.

Menghadapi Barcelona, itu artinya para pemain PSV akan berkesempatan untuk melawan Lionel Messi. Tentu saja menjadi sebuah cerita tersendiri bagi pemain PSV bisa melawan pemain berjuluk La Pulga.

Bukan uforia bisa bermain melawan Messi dan kemudian berebut bertukat jersey dengan Lionel Messi pada akhir pertandingan. Tapi, Van Bommel tidak ingin anak asuhnya kehilangan fokus gara-gara hal itu.

Tukar Jersey dengan Messi

Lionel Messi siap antar Barcelona juara Liga Champions (AP Photo/Eric Alonso)

Sudah menjadi praktik yang lazim bagi pemain sepak bola untuk bertukar jersey begitu pertandingan usai. Karena itu, Mark van Bommel tidak melarang jika pemain PSV menukar jerseynya dengan milik Messi. Dengan syarat, mereka meraih hasil bagus.

"Jika kami mampu mendapatkan hasil yang bagus, maka saya tidak peduli apakah mereka akan berebut untuk bertukar jersey Messi," buka Mark van Bommel.

"Itu adalah bagian dari mereka sebagai seorang profesional, mereka harus konsentrasi. Saya tahu mereka akan meminta jersey yang dipakai Messi. Tapi, mereka tidak boleh memintanya ketika babak pertama usai," tandas pelatih asal Belanda.

Pernah Bermain di Barcelona

Mark van Bommel dipastikan sudah tidak asing dengan atmosfer di Camp Nou. Sebab, saat masih aktif bermain, Mark van Bommel pernah bermain untuk Barca. Ketika itu, Mark van Bommel juga pernah satu tim dengan Messi.

"Hanya tinggal menyisakan Messi dari anggota tim pada tahun saya bermain di sini. Saya bermain di Barca pada tahun 2005. Saya pikir Messi masih pemain terbaik dunia meskipun dia tidak meraih Ballon d'Or," tandas Mark van Bommel.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perjuangan Dramatis 3 Anak Angkat Kabur dari Penyekapan Ibu Asuh di Makassar

Posted: 17 Sep 2018 10:09 PM PDT

Liputan6.com, Makassar - Tiga anak angkat masing-masing laki-laki inisial AW (11) dan dua bocah perempuan inisial US (5) dan inisal DV (2,5) kabur dari penyekapan dan penyiksaan yang diduga dilakukan oleh ibu asuhnya, Meilania Detaly alias Memey dari sebuah ruko berlantai 3.

Dari ruko yang berada di Jalan Seruni RT 5/RW 3 Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakukang, Makassar, ketiganya nekat kabur dari rumah pada Minggu, 16 September 2018.

AW yang merupakan anak tertua dari kedua saudaranya tersebut bertindak bak pahlawan. Ia menyusun rencana agar mereka bertiga dapat keluar dari rumah yang selama ini dijadikan ibu asuhnya menyekap dan menyiksanya.

"AW ini menggunakan besi tumpul yang biasa dipakai ibunya memukulnya, untuk digunakan mencungkil gembok pintu rumahnya. Setelah pintu terbuka, ketiganya pun berpencar," kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Makassar, Kompol Wirdhanto Hadicaksono via telepon, Selasa (18/9/2018).

AW meninggalkan kedua adiknya mencari perlindungan ke seorang pendeta di sebuah Gereja yang berlokasi di Jalan Toddopuli, Makassar. Sementara, kedua adiknya diselamatkan warga dan diserahkan ke sekuriti perumahan dan selanjutnya diserahkan ke Dinas Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Makassar.

"Pelaku sendiri (Memey) menyerahkan diri ke DP3A Makassar Senin, 17 September 2018, pukul 15.30 wita dan kemudian diserahkan ke Unit PPA Polrestabes Makassar dan saat ini pelaku sudah diamankan dan sedang menjalani proses penyidikan," ucap Wirdhanto.

Untuk bahan penyidikan, penyidik PPA Polrestabes Makassar juga telah mengambil keterangan beberapa saksi-saksi dari warga setempat serta ketiga korban. Polisi juga telah menggelar olah tempat kejadian perkara tak lama setelah ruko itu disegel.

"Kita telah mengamankan sejumlah barang bukti berupa besi tumpul, beberapa puntung rokok dan menemukan sejumlah hewan peliharaan, di antaranya anjing, kucing, dan ular dari lantai 3 rumah tempat penyekapan ketiga korban," tutur Wirdhanto menambahkan.

 

 

 

 

Kerap Meminta Makan dari Jendela Lantai 3

Sejauh ini kedua kakak beradik itu masih diamankan di rumah aman P2TP2A Makassar untuk pemulihan kondisi fisik dan mental. (Istimewa)

Ketua RT 5/RW 3 Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakukang, Makassar setempat, Nuraeni mengatakan ketiga orang bocah tersebut kerap melambaikan tangan dari balik jendela yang berada di lantai tiga rumahnya sembari memegang perutnya.

"Sering ketiga anak tersebut menyapa warga dari balik jendela lantai tiga rumahnya. Mereka seakan memberikan isyarat jika mereka lapar. Tapi rumahnya terkunci. Dikunci dari luar oleh ibu asuhnya," tutur Nuraeni saat ditemui di rumahnya.

Menurut Nuryati, ketiga bocah bersama ibu asuhnya tinggal di rumahnya sejak dua tahun lalu dan tidak pernah ingin bergaul dengan masyarakat setempat. Pintu rumahnya hanya terbuka bila ibu asuh ketiga bocah tersebut hendak keluar dan segera digembok dari luar sebelum pergi.

"Ibu asuh ketiga bocah tersebut perilakunya sangat aneh. Ketiga bocah dilarang keluar rumah kalau dia ada di rumah. Dan sering tetangganya dengar ia menyiksa ketiga bocah tersebut dari dalam rumah. Bocah tertua malah tak dibiarkan bersekolah padahal jika sekolah dia sudah kelas 5 SD," kata Nuraeni.

Buktinya, lanjut Nuraeni, saat ketiganya diamankan oleh DP3A Makassar, kondisi ketiganya sangat mengenaskan. Pada tangan dua bocah perempuan terdapat bekas luka bakar bekas sundutan rokok.

"Saya sempat tanya anak tersebut dan mereka katakan betul kalau dihukum oleh ibu asuhnya, mereka disundut rokok yang ada apinya, meski ibunya tersebut tak merokok. Jadi ibunya sepertinya beli rokok untuk nantinya dibakar sebagai media penghukuman bagi ketiga bocah kalau dianggap nakal," tutur Nuraeni.

Bekas luka sundutan rokok, beber Nuryati, hampir menghiasi lengan tangan ketiga bocah tersebut, termasuk bocah terbungsu. Lebih dari satu bekas sundulan rokok di tangannya.

"Pokoknya sangat memiriskan kondisinya. Tega amat ini ibu asuhnya. Semoga pihak kepolisian menghukumnya setimpal," tutur Nuraeni.

Tak hanya penganiayaan, ketiga anak angkat itu juga diperlakukan tak manusiawi. Selain tidur hanya beralaskan tikar, ketiga anak tersebut juga tidur bersama hewan peliharaan, termasuk kucing, anjing, dan ular.

"Ketiganya tidur bersama hewan peliharaan yang ada di lantai 3. Kalau lantai dua rumahnya wujudnya seperti gudang. Sementara, lantai dasar ada usaha semacam butik pakaian," kata Nuraeni.

Ibu Asuh Pernah Jadi Korban KDRT

Ruko tempat tiga anak angkat disekap dan dianiaya ibu asuh selama dua tahun terakhir ini di Makassar. (Liputan6.com/Eka Hakim)

Kepala Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) Kota Makassar, Tenri Andi Palallo mengatakan saat kabar kaburnya ketiga bocah dari rumah penyekapan ibu asuhnya ini tersebar, Memey tiba-tiba menyerahkan diri ke DP3A, Senin, 17 September 2018, sekitar pukul 15.30 Wita.

"Memey (ibu asuh ketiga bocah) bukanlah orang asing bagi petugas DP3A Makassar. Karena dulu pernah dibantu saat dia jadi korban KDRT oleh suaminya sendiri. Dan saat itu kita sempat mediasi dengan menghadirkan pendeta untuk mendamaikan," jelas Tenri.

Ia menyayangkan perbuatan Memey yang tega menyekap dan menyiksa ketiga bocah asuhnya tersebut. Bahkan, ia sempat melapor ke pos bantuan hukum (Posbakum) dengan menyebut ketiga anaknya diculik oleh DP3A Makassar.

"Sehingga petugas posbakum mendatangi kantor DP3A. Tapi, kami mengarahkan petugas posbakum tersebut ke Polrestabes Makassar untuk mendapatkan penjelasan dan akhirnya mereka menghentikan pendampingan kepada Memey," ungkap Tenri.

Setelah Memey ditahan penyidik unit PPA Polrestabes Makassar, ketiga anak angkat itu dirawat oleh petugas DP3A Kota Makassar. "Alhamdulillah ketiganya sudah riang dalam pembinaan DP3A. Kita juga akan menyediakan ahli psikologi agar psikologis ketiganya membaik dan layaknya anak pada umumnya," kata Tenri.

Ia menceritakan, perjuangan tiga bocah dari upaya penyekapan dan penyiksaan ibu asuhnya terbilang cukup berat. Ketiganya kompak dari menyusun rencana hingga berpencar saat berhasil keluar dari rumah.

AW pula yang mencungkil gembok rumah menggunakan besi yang biasa digunakan ibu asuhnya memukulnya. Setelah berhasil membuka pintu, ia langsung menuju gereja yang berada di Jalan Toddopuli Makassar.

"Sedangkan kedua adiknya menunggunya di depan rumah dan akhirnya diamankan oleh warga dan diserahkan ke DP3A Makassar," kata Tenri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Istri Histeris, Suami Mengaku Selingkuh dengan 341 Wanita

Posted: 17 Sep 2018 10:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Tak ada yang menginginkan pernikahan yang telah dibina hancur begitu saja. Terlebih bila harus tersebut terjadi karena perselingkuhan. Suami berselingkuh dengan satu orang wanita saja pasti rasanya sakit, apalagi bila suami telah melakukannya dengan ratusan wanita lain.

Brandi Maxiel tak pernah menyangka pernikahan selama 17 tahun yang ia jalani bersama suaminya, Jason Maxiell, diselimuti kebohongan. Pemain basket Amerika itu telah mengkhianati Brandi dengan berselingkuh dengan ratusan wanita.

Semuanya terungkap dalam sebuah reality show Iyanla: Fix My Live. Dalam sesi tersebut, ia mencurahkan rasa sakit hatinya. Dalam wawancara itu, awalnya Brandi hanya mempermasalahkan kebohongan-kebohongan dan dugaan perselingkuhan yang dilakukan suaminya.

Kemudian si pembawa acara, Iyanla, melontarkan pertanyaan pada Jason tentang berapa wanita yang telah ia ajak bercinta. Pemain basket dari tim Detroit Pistons itu menjawab selama menikah, ia telah tidur dengan lebih dari 50 wanita.

Mendengar pengakuan tersebut, Brandi histeris dan mencoba meninggalkan studio tapi ditahan oleh Iyanla. Wanita itu tak menyangka pria yang ia nikahi selama 17 tahun tega berbuat hal tersebut kepadanya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Selanjutnya

Doc: Mirror.co.uk

Brandi tak kuasa menahan tangis, sementara Jason hanya bisa duduk dan terdiam. Menariknya, dalam sebuah wawancara terpisah, Jason mengaku sebenarnya ia telah bercinta dengan 341 wanita.

Pria itu mengklaim melakukan hal tersebut membuatnya senang, tapi ia juga ragu apa yang sebenarnya ia cari dari perselingkuhan dengan wanita lain. Di sisi lain, Jason menampik tudingan bahwa ia merupakan penggila seks.

Melansir dari Mirror, Brandi juga sempat diwawancarai dalam tempat yang terpisah. Ibu dari anak laki-laki berusia 9 tahun itu mengaku takut masalah perselingkuhan tersebut berpengaruh terhadap putranya.

Kekhawatiran terbesarnya adalah bila suatu saat nanti putranya melihat video wawancara tersebut. Ia mengaku akan mempersiapkan jawaban jujur bila anaknya bertanya mengenai masalah tersebut.

Perselingkuhan yang dilakukan suaminya telah membuat Brandi hancur dan frustasi. Padahal, selama ini ia telah mencoba menjadi ibu dan istri yang baik.

Reporter: Kurnia Putri Utomo

Sumber: Brilio.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Menko Luhut Panggil Ketua Kadin dan Kepala BKPM, Ada Apa?

Posted: 17 Sep 2018 10:03 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan memanggil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Perkasa Roeslani dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong ke Kantornya, pada Selasa ini.

Ketua Kadin Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani menyampaikan di dalam pertemuan tersebut dirinya diminta untuk memberikan beberapa usulan terkait rencana kunjungan kerja Menko Luhut ke Amerika Serikat (AS) yang dijadwalkan pada 22 September mendatang.

"Nitip masukan dan juga rencana Pak Luhut mau ke AS ketemu dengan segala macam. Minta masukan aja bertemu dengan saya dan Pak Thomas itu aja," kata Rosan usai melakukan rapat di Kantor Kemenko Maritim, Selasa (18/9/2018).

Dalam kesempatan itu, dikatakan Rosan, Menko Luhut meminta beberapa masukan terkait dengan dunia usaha yang selama ini sudah diterapkan di Indonesia. Sehingga, kunjungannya ke AS dapat membuahkan hasil yang cukup baik. Terutama menarik masuknya investor asing.

"Kan ketemu dengan beberapa pihak di sana dan tentunya positif apa yang bisa kita lakukan di sini supaya kelercayaan mereka juga lebih tinggi. Dan kebetulan juga saya tidak bisa ikut. Itu mangkanya saya diminta masukan biasanya saya ikut tapi ada acara. Itu aja sih," pungkasnya.

Dirinya pun menyebut, kunjungan Menko Luhut ke AS tersebut juga bagian dari pertemuan IMF-World Bank dan kemudian disambung dengan Investor Summit. "Seperti itu aja sih enggak ada yang spesifik," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu 

Sumber: Merdeka.com

Menko Luhut Tegaskan Pemerintah Terus Berupaya Jaga Rupiah

Menkeu Sri Mulyani (kedua kiri) berbincang dengan Menkomaritim Luhut Binsar Panjaitan, Menhub Budi Karya dan Direktur PT KAI Edi Sukmoro saat penandatanganan kerja sama antar bank sindikasi di Jakarta, Jumat (29/12). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan turut angkat suara terkait mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang menceritakan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) demi menjaga ekonomi.

Luhut meminta publik bersabar, sebab pemerintah saat ini berupaya dengan berbagai cara agar nilai tukar rupiah tidak terus melemah terhadap dolar Amerika Serikat (USD).

"Udah lah, kita  udah (mengantisipasinya) dengan cara kita. Nanti kita lihat, nanti kita response dengan baik," ucap dia singkat saat ditemui seusai acara makan malam Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-WBG 2018 di kantornya, Jakarta, Senin (17/9/2018). 

Sebelumnya, SBY berkata Pemerintah Indonesia di masa kepemimpinannya pada 2008 sempat mengambil keputusan untuk menaikkan harga BBM.

Dia menyebutkan, langkah itu ia ambil demi mengantisipasi kenaikan harga minyak dunia yang juga turut mengancam sektor perekonomian nasional.

"Beberapa bulan sebelum pemilihan presiden dilaksanakan, saya harus menaikkan harga BBM pada tahun 2008. Setelah kebijakan itu diambil, Alhamdulilah ekonomi kita selamat," tutur dia saat perayaan HUT Partai Demokrat ke-17 di Jakarta pada hari ini.

Dia menceritakan, langkah tersebut berhasil membawa negara keluar dari krisis ekonomi global yang terjadi saat itu. SBY juga membuat perbandingan dengan kondisi 1998.

"Ketika itu, kita takut kalau nasib Indonesia sama seperti krisis ekonomi yang terjadi pada 1998. Namun dengan antisipasi yang tepat, ekonomi kita kemudian bisa selamat," tutur dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

AS Kurangi Izin Masuk Pengungsi Hingga Jumlah Terendah dalam Sejarah

Posted: 17 Sep 2018 10:01 PM PDT

Liputan6.com, Washington DC - Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengatakan akan membatasi jumlah pengungsi yang diizinkan masuk ke negara itu tahun depan, menjadi rekor terendah dalam sejarah, yakni mendekati 30.000 orang per tahun.

Hal ini turun sepertiga dari batas 45.000 pengungsi yang diizinkan masuk oleh pemerintahan Donald Trump untuk tahun 2018.

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebut kebijakan baru itu sebagai upaya memperketat masuknya arus pencari suaka, yang diperkirakan akan mencapai lebih dari 280 ribu orang pada 2019 mendatang, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa (18/9/2018).

Selama satu dekade terakhir, jumlah pengungsi yang diterima di Amerika Serikat berfluktuasi dari yang terendah 48.282 pada tahun 2007, menjadi tertinggi 84.995 pada tahun 2016.

Adapun program penerimaan dan seleksi pengungsi AS dibentuk pertama kali pada 1980 silam.

Menurut laporan surat kabar New York Times, pengumuman hari Senin itu merupakan batasan terendah yang pernah ditetapkan oleh presiden AS pada program penerimaan pengungsi.

Pemerintahan Donald Trump terus melakukan pembatasan ketat pada isu imigrasi, di mana kritikus menuduh tindakan tersebut sebagai pengabaian terhadap kesempatan hidup orang-orang yang paling rentan di dunia.

Eric Schwartz, presiden organisasi independen Refugees International, menyebut pembatasan baru oleh pemerintah Amerika Serikat itu "mengerikan".

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di situs resminya, Schwartz mengatakan keputusan itu melanjutkan pengabaian lebih jauh pemerintahan Trump, "dari tradisi kebanggaan AS dalam menyediakan pemukiman bagi mereka yang menghindari penganiayaan di seluruh dunia".

Namun, Menlu Pompeo mengatakan bahwa keputusan baru itu akan salah kaprah, jika dilihat sebagai "satu-satunya barometer komitmen AS terhadap penanganan pengungsi dari seluruh dunia".

"Pembatasan harus dilihat dalam konteks luas, karena ada alternatif perlindungan dan bantuan lain yang ditawarkan oleh Amerika Serikat", katanya.

 

Simak video pilihan berikut: 

 

AS Minta Tolong Meksiko

Sejumlah pemuda Meksiko berusaha memanjat tembok besi perbatasan antara Meksiko dan Amerika Serikat di negara bagian Chihuahua, Meksiko (6/4). Mereka menyeberang secara ilegal ke Sunland Park dari Ciudad Juarez. (AFP/Herika Matinez)

Sementara itu, pemerintahan Donald Trump menjanjikan pembayaran nilai tertentu kepada Meksiko untuk membantu mendeportasi imigran ilegal yang berusaha memasuki wilayah Negeri Paman Sam.

Dalam pemberitahuan terkini yang disampaikan ke Kongres, sebagaimana dikutip dari New York Times pada Kamis 13 September, pemerintahan Presiden Trump bermaksud mengambil US$ 20 juta (setara Rp 296 miliar) dari anggaran bantuan asing, untuk membantu Meksiko membayar pesawat dan ongkos bus dalam tindakan deportasi terhadap sekitar 17.000 orang imigran ilegal.

Uang itu akan membantu meningkatkan deportasi imigran dari Amerika Tengah, yang banyak di antaranya melewati Meksiko untuk sampai ke perbatasan Amerika Serikat.

Setiap imigran ketahuan tidak memiliki dokumen resmi ketika melintasi Meksiko, atau mereka yang dicurigai sebagai teroris, juga akan dideportasi di bawah program terkait.

Katie Waldman, juru bicara Kementerian Dalam Negeri AS, mengatakan program itu dimaksudkan untuk membantu mempersempir arus imigrasi di perbatasan Amerika Serikat dengan Meksiko.

"Kami bekerja sama dengan rekan-rekan kami di Meksiko untuk menghadapi meningkatnya angka kekhawatiran perbatasan, dan memastikan bahwa mereka yang memiliki klaim sah atas akses perlindungan yang sesuai," kata Waldman.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Jadwal Timnas Indonesia U-16, Laga Sulit Lawan Iran

Posted: 17 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Timnas Indonesia U-16 langsung menghadapi lawan sulit pada laga perdana Grup C Piala AFC U-16 2018. Iran yang akan jadi penantang pertama mereka pada laga yang dihelat di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Jumat (21/9/2018).

Bagi Timnas Indonesia U-16, Iran jelas bukan lawan yang mudah. Mereka adalah tim yang memiliki reputasi bagus di Piala AFC U-16. Pada edisi 2016, mereka melaju hingga final meski akhirnya kalah adu penalti dari Irak.

Dan sejak edisi 2012, minimal Iran mampu melesat hingga perempat final. Artinya, di setiap edisi mereka memiliki materi skuat yang bagus untuk bersaing di Piala AFC U-16.

Di kubu Timnas Indonesia U-16, mereka juga telah mematangkan persiapan dengan melakukan pemusatan latihan (TC) di Malaysia. Dan sudah tiga laga uji coba yang dijalani anak asuh Fakhri Husaini itu. Mereka menang 4-0 atas Sime Darby U-17, 5-0 atas Felda U-17, dan 3-3 melawan Oman.

Hasil ini terbilang cukup bagus bagi Timnas Indonesia U-16. Setidaknya, mereka melanjutkan kehebatan setelah sukses menjuarai Piala AFF U-16 2018. Dan ini bisa jadi modal untuk mewujudkan target menembus semifinal.

Ya, Timnas Indonesia U-16 memang menargetkan empat besar demi memenuhi syarat tampil di Piala Dunia U-17 2019. Jika mampu mempertahankan permainan apik seperti di Piala AFF U-16 2018, melaju ke semifinal bukan sesuatu yang tak mungkin bagi skuat Garuda Asia.

 

Jadwal Timnas U-16

21 September 2018

15.30 WIB: Iran vs Indonesia (Stadion Bukit Jalil)

24 September 2018

19.45 WIB: Indonesia vs Vietnam (Stadion Bukit Jalil)

27 September 2018

19.45 WIB: India vs Indonesia (Stadion UM Arena)

 

Skuat Timnas U-16

Kiper

1. Ernando Ari Sutaryadi – PPLP Jateng

2. Ahludz Dzikri Fikri – ASAD 313

3. Muhammad Risky Sudirman – SSB Villa 2000

Belakang

4. Mochamad Yudha Febrian – SSB Cibinong Raya

5. Muhammad Salman – Diklat Ragunan

6. Fadillah Nur Rahman – PPLP Sumatera Barat

7. Amiruddin Bagas Kaffa – Chelsea Soccer School

8. Muhammad Reza Fauzan – FC Patriot Aceh

Tengah

9. David Maulana – PPLP Medan

10. Komang Teguh Trisnanda – Diklat Ragunan

11. Muhammad Talaohu – ASAD 313

12. Hamsa Lestaluhu – ASAD 313

13. Andre Oktaviansyah – SSB Pelita Jaya Soccer School

14. Brylian Aldama – SSB Gelora Putra Delta

15. Rendy Juliansyah – SSB ASIOP APAC INTI

Depan

16. Mochammad Supriadi – Diklat Ragunan

17. Amanar Abdilah – PS Tira U17

18. Amiruddin Bagus Kahfi – Chelsea Soccer School

19. Sutan Diego Armando Ondriano Zico – Chelsea Soccer School

Pemanggilan Baru

20. Fatah Aji – PPLP DKI

21. Muhammad Uchida Sudirman

22. Subhan Fazri

23. Cecep Maulana

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Rujukan Online JKN-KIS: Kontrol Ulang Tanpa Pindah RS, Bisa atau Tidak?

Posted: 17 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kelak dapat melakukan kontrol ulang di rumah sakit yang sama dengan sistem digitalisasi rujukan (rujukan online). Upaya ini sedang dilakukan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS Kesehatan) dalam uji coba rujukan online fase ketiga pada 16-30 September 2018.

Ketika ditemui di Jakarta, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), Arief Syaifuddin sudah mempertimbangkan hal tersebut. Tentunya, pasien mungkin sudah nyaman kontrol ke dokter rumah sakit rujukan.

Baca terkait: Kapasitas Pasien di RS Rujukan Penuh, Tetap Bisa Dilayani tapi...

"Kontrol di satu rumah sakit rujukan (tanpa berpindah ke rumah sakit lain) bisa dilakukan. Karena sudah ada catatan atau keterangan kontrol," ujar Arief dalam acara "Ngopi Bareng Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)", ditulis Selasa (18/9/2018).

Artinya, untuk kontrol ulang atau lanjutan, pasien tidak perlu kembali ke Faskes Tingkat Pertama. Pasien pun tidak harus berkunjung ke rumah sakit rujukan lain, yang berbeda untuk kontrol ulang.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

Pilih rumah sakit rujukan

Pilih kontrol ke rumah sakit rujukan. (Ilustrasi/iStockphoto)

Untuk kontrol ke rumah sakit rujukan dari Faskes Tingkat Pertama, petugas dari faskes akan mencari rumah sakit rujukan dengan aplikasi P-Care. Rumah sakit rujukan pun disesuaikan dengan kondisi kegawatan pasien dan ketersediaan fasilitas.

Dalam satu kasus, bila pasien pernah punya pengalaman tidak nyaman ke rumah sakit rujukan, seperti dokter yang menangani tidak memeriksa dengan baik, pasien boleh meminta ganti rumah sakit rujukan. Petugas Faskes Tingkat Pertama akan mencari rumah sakit rujukan lainnya.

"Itu sebagai opsi (pilihan)," Arief melanjutkan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Laudya Cynthia Bella Hampir Digugurkan Ibunda Saat Masih di Kandungan

Posted: 17 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Laudya Cynthia Bella mulai membuka satu demi satu kisah hidupnya. Melalui Channel YouTube miliknya, istri Engku Emran itu bicara banyak hal mengenai sisi lain dirinya.

Salah satunya mengenai kisah Laudya Cynthia Bella sempat menjadi anak yang tak diharapkan kelahirannya oleh sang ibunda.

"Mama enggak tahu pas hamil aku," kata Laudya Cynthia Bella dalam video yang diunggah Bella Channel pada 17 September 2018.

Menurut dia, sang bunda baru sadar tengah hamil saat usia kandungan masuk empat bulan. Setelah lama tak datang bulan, akhirnya sang bunda pun memeriksakan diri.

 

Berlanjut

Laudya Cynthia Bella (Galih W. Satria/bintang.com)

"Terus pas cek udah tiga bulan mau empat bulan. Ya udah akhirnya dilanjutin," ujar Bella.

Kala itu, dia menambahkan, sang bunda punya tiga anak. Semua dirawat sendiri, tanpa bantuan baby sitter. " Jadi ngurus sendiri. Terus mamah capek."

 

Nyaris Digugurkan

Laudya Cynthia Bella (Galih W. Satria/bintang.com)

Karena kondisi itulah sang mama bilang, "Apa udah ya, gugurin (kandungan) aja," tutur Bella.

Namun, niat itu tak jadi dilaksanakan. Kandungan itu tetap dipertahankan hingga Laudya Cynthia Bella lahir. "Akhirnya aku tuh anak yang dibela-belain makanya namanya Bella, menyedihkan," tutur Bella seraya tertawa. (Dream.co.id/ Amrikh Palupi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Bendera Persatuan Korea Sambut Presiden Korsel di Korut

Posted: 17 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Moon Jae-in melakukan kunjungan ke Pyongyang, Korea Utara. Moon disambut ratusan warga Korea Utara yang memegang bunga dan bendera persatuan Korea.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Terlalu Murah, iPhone XR Diprediksi Bikin Pendapatan Apple Turun

Posted: 17 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Analis Goldman Sachs, Rod Hall, menilai harga iPhone XR yang terlalu murah akan berdampak pada performa pendapatan Apple. Ia awalnya memperkirakan harga smartphone tersebut dimulai dari US$ 849 di Amerika Serikat (AS), tapi ternyata US$ 749.

Hall secara khusus memperkirakan harga jual yang "terlalu murah" itu dapat menghambat penjualan varian iPhone lain. Apple pada 14 September 2018 mengumumkan tiga varian iPhone, XS, XS Max, dan XR. iPhone XR menjadi yang paling murah dengan harga jual mulai dari US$ 749.

Kendati dinilai terlalu murah, dari sudut pandang konsumen, harga tersebut bisa saja tetap dinilai terlalu mahal untuk sebuah smartphone.

Namun menurut Hall, harga jual itu bisa membuat pendapatan triwulan Apple menurun.

"Apple mengumumkan iPhone baru dan harga model LCD "XR" ternyata lebih murah daripada yang kami kira. Kami menilai hal ini secara efektif 'mengorbankan' SKU iPhone/8+ dan mendorong kami menurunkan harga jual rata-rata dan perkiraan pendapatan, tapi sedikit diimbangi dengan unit yang lebih banyak," ungkap Hall.

Apple belum membuka pre-order iPhone XR, tapi XS dan XS Max sudah sejak Jumat (14/8/2018). Pre-order iPhone XR akan dibuka pada pertengahan Oktober 2018, sedangkan pengirimannya dimulai pada 26 Oktober 2018.

Apple Mulai Gelar Pre-order iPhone XS

IPhone XS (kiri) dan XS Max diperlihatkan saat peluncuran produk baru Apple di California (12/9). iPhone XS dan XS Max tersedia tiga warna (gold, silver, abu-abu) dan tiga konfigurasi memori (64GB, 256GB, dan 512GB). (AP Photo/Marcio Jose Sanchez)

Apple telah mengumumkan seri iPhone baru dan Watch Series 4 pada Rabu (12/9/2018). Tak butuh waktu lama, perusahaan akhirnya membuka pre-order iPhone XS, XS Max dan Watch Series 4.

Konsumen yang tertarik kini sudah bisa melakukan pre-order di Apple.com atau Apple Store. Berikut rincian harganya:

iPhone XS

64GB: US$ 999

256GB: US$ 1.149

512GB: US$ 1.349

iPhone XS Max

64GB: US$ 1.099

256GB: US$ 1.249

512GB: US$ 1.449

iPhone XS dan XS Max merupakan dua dari tiga varian smartphone baru yang diumumkan oleh Apple. Varian lain, iPhone XR, akan dijual belakangan.

Konsumen yang ingin membeli iPhone XR harus bersabar sedikit lebih lama. Pre-order untuk varian terjangkau dari seri iPhone X ini baru akan dibuka pada 19 Oktober 2018.

Harga Jual Apple Watch Series 4

Tampilan Apple Watch Series 4 (sumber: Apple)

Adapun Apple Watch Series 4 dijual dengan harga mulai dari US$ 399 untuk versi GPS, sedangkan GPS + seluler US$ 499. Smartwatch ini hadir dengan dua varian konektivitas, yakni GPS dan GPS + seluler.

Berikut rinciannya:

GPS

Aluminium Case 40 mm: US$ 399

Aluminium Case 44 mm: US$ 429

GPS + seluler

Aluminium Case 40 mm: US$ 499

Aluminium Case 44 mm: US$ 529

Stainless Steel Case 40 mm: US$ 699

Stainless Steel Case 44 mm: US$ 749

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cek 2 Hal Ini Sebelum Makan Seafood

Posted: 17 Sep 2018 10:00 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Seafood memang menjadi salah satu kuliner yang memiliki daya tarik tersendiri? Bagaimana tidak? Seafood ini memiliki tekstur daging yang renyah, kaya akan protein, dan rasanya yang gurih meski tidak diberi bumbu.

Bagi Anda yang sering makan seafood, tentu harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang satu ini. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa mendapatkan seafood dengan kualitas yang baik dan tentu menyehatnya.

Chef Iwan Sulaiman selaku Corporate Chef The Holy Crab pun menuturkan bahwa sebenarnya ada dua hal penting yang harus diperhatikan ketika menyantap seafood. Apa saja?

1. Tempat makan

Seafood segar di Seafood Market Charis

Kini seafood tidak hanya bisa disajikan di restoran mahal. Banyak pedagang kaki lima yang menyajikan makanan ini dengan harga yang relatif lebih mudah. Meski demikian, Anda pun harus memperhatikan sekitar tempat seafood itu dijual.

Pastikan bahwa restoran atau rumah makan tersebut cukup higienis atau layak sehat. Pemerintah sendiri punya lembaga yang mengeluarkan sertifikat layak sehat yang menandakan bahwa restoran tersebut menyajikan makanan yang teruji dan layak dikonsumsi.

2. Kesegaran seafood

Seafood segar di Seafood Market Charis

Ini menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan jika hendak mengonsumsi seafood. Kesegaran seafood bisa dilihat dari tekstur dagingnya. Di mana seafood yang masih segar memiliki tekstur daging yang renyah, bukan hancur. Dagingnya sendiri masih cukup juicy ketika dimakan.

Pada udang, pastikan disajikan dalam keadaan kepala masih utuh. Sementara pada kepiting tidak ditemnukan berbau busuk. Sedangkan cumi, Anda bisa merasakannya ketika dimakan. Jika tidak segar, ujung lidah akan cenderung gatal karena ujung lidah menjadi bagian yang cukup sensitif.

Anda tidak perlu khawatir jika sudah terlanjur memakan seafood yang membuat lidah Anda terasa gatal. Cukup minum air putih sebanyak mungkin. Sama halnya jika Anda mengalami gejala pusing setelah memakan seafood. Ini bukan indikasi terhadap penyakit, melainkan hanya gejala yang dialami orang Indonesia kebanyakan setelah makan seafood.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Zulkifli Hasan Diperiksa KPK Sebagai Saksi Perkara Suap Adiknya

Posted: 17 Sep 2018 09:58 PM PDT

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). Zulkifli diperiksa sebagai saksi untuk tersangka lainnya, yaitu pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). Zulkifli diperiksa sebagai saksi untuk tersangka lainnya, yaitu pemilik CV 9 Naga, Gilang Ramadhan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). Zulkifli diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Majelis Pembina Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). Zulkifli diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Majelis Pembina Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). Zulkifli Hasan diperiksa sebagai saksi terkait kasus yang menjerat adik kandungnya, Zainuddin Hasan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan tiba untuk menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (18/9). Zulkifli Hasan diperiksa sebagai saksi terkait kasus yang menjerat adik kandungnya, Zainuddin Hasan. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN),  Zulkifli Hasan memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyidik KPK di Jakarta, Selasa (18/9). Pemeriksaan Zulkifli Hasan dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Pembina Tarbiyah Perti. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan memenuhi panggilan pemeriksaan tim penyidik KPK di Jakarta, Selasa (18/9). Pemeriksaan Zulkifli Hasan dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Pembina Tarbiyah Perti. (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Napi Narkoba Kabur dari Lapas Padang Sidempuan

Posted: 17 Sep 2018 09:55 PM PDT

Liputan6.com, Satu narapidana narkoba kabur setelah berhasil melompat tembok setinggi 7 meter. Puluhan personel Polres Padang Sidempuan dikerahkan untuk memburu napi bernama Ali Amrin Hasibuan alias Rambo.    

Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Senin (3/9/2018), Rambo baru saja empat bulan dipindahkan dari Rutan Sibuhuan ke Lapas Kelas 2B Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Saat itu tengah berlangsung perpindahan barang. Pelarian Rambo dibantu dua rekannya yang sudah menunggu dibalik tembok lapas. Aksinya sempat kepergok warga yang ada di sekitar lapas.  

Ali baru menjalani pidana satu tahun di balik jeruji besi setelah vonis 7 tahun penjara dari Majelis Hakim Pengadilan Padang Sidempuan.  

Petugas lapas bersama jajaran Polres Padang Sidempuan hingga kini masih memburu Ali yang merupakan warga Tanjung Botung, Barumun, Padang Lawas. (Karlina Sintia Dewi)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK: 26 Narapidana Korupsi Telah Dicabut Hak Politiknya

Posted: 17 Sep 2018 09:52 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersikeras agar mantan narapidana kasus korupsi tak kembali mendapatkan jabatan publik usai menjalani masa pidana penjara. Hal tersebut guna mewujudkan parlemen yang bersih dan mencegah praktik korupsi di DPR dan DPRD.

"Menurut KPK, pembatasan hak narapidana korupsi untuk mencalonkan perlu dilakukan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (18/9/2018).

Febri mengatakan, KPK telah mengajukan tuntutan pencabutan hak politik bagi politikus yang melakukan tindak pidana korupsi. Baik kepala daerah, anggota DPR, dan DPRD yang sejatinya dipilih oleh rakyat.

"Sejauh ini Pengadilan Tipikor telah memutus hukuman tambahan pencabutan hak politik dengan durasi waktu berbeda-beda sesuai aturan di KUHP terhadap 26 orang," kata Febri.

Dari 26 orang tersebut ada yang menjabat sebagai ketua umum dan pengurus partai politik, anggota DPR, anggota DPRD, kepala daerah serta jabatan lain yang diproses KPK sejak 2013 hingga 2017.

Febri berharap, pencabutan hak politik dijadikan standar dan pembahasan di Mahkamah Agung (MA) agar menjadi pedoman bagi seluruh Pengadilan Tipikor demi mewujudkan politik yang bersih dan beringegritas.

"Kami berharap hukuman pencabutan hak politik ini dapat menjadi concern bersama penegak hukum, baik dalam mengajukan tuntutan di pengadilan ataupun putusan pengadilan," kata Jubir KPK ini.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

MA Klaim Tetap Konsisten

Juru bicara Mahkamah Agung (MA) Suhadi menegaskan, pihaknya konsisten memberantas tindak pidana korupsi di Tanah Air. Hal ini terkait putusan MA yang membolehkan mantan napi korupsi menjadi caleg.

"MA tetap konsisten dan konsekuen memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia. Ini tidak akan pernah berubah," ujar Suhadi di Gedung MA, Senin (17/9/2018).

Suhadi mengatakan, selama ini MA bersikap keras terhadap koruptor. Hal itu bisa dilihat dari putusan kasasi yang dikeluarkan MA dengan memperberat vonis penjara para koruptor atau memberikan hukuman denda yang lebih besar dari putusan yang dijatuhkan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

"Ini membuktikan MA tetap komitmen (memberantas korupsi)," ucap dia.

Suhadi menjelaskan, majelis hakim menilai, PKPU Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pencalonan Anggota DPR dan DPRD Kabupaten/kota bertentangan dengan Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Dalam UU Pemilu, tidak ada poin mengatur larangan mantan napi korupsi menjadi caleg. Sementara PKPU sejatinya merupakan turunan dari Undang-Undang Pemilu.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Mengintip Latihan Atlet Lawn Bowls Jelang Asian Para Games 2018

Posted: 17 Sep 2018 09:50 PM PDT

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls melakukan lemparan saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls melakukan lemparan saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls mengambil bola saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls mengambil bola saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls mengambil bola saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls mengambil bola saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls melakukan lemparan saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls melakukan lemparan saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Atlet Para Games Indonesia cabang olahraga Lawn Bowls saat latihan di Lapangan Hoki Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini adaptasi lapangan sekaligus persiapan jelang Asian Para Games 2018. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tenaga Honorer Minta Batas Usia CPNS 2018 Direvisi

Posted: 17 Sep 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Para tenaga honorer kategori II (K2) meminta pemerintah merevisi batasan umur untuk bisa ikut seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Pasalnya, dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permen PANRB) Nomor 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018, bagi tenaga pendidik dan tenaga kesehatan dari eks tenaga honorer‎ K2 harus memenuhi syarat usia paling tinggi 35 tahun pada 1 Agustus 2018.

Ketua PB PGRI, Didi Suprijadi mengatakan, adanya aturan ini malah penutup peluang bagi para tenaga honorer untuk bisa menjadi PNS. Pasalnya sebagian besar dari honorer tenaga pengajar dan kesehatan telah berusia di atas 40 tahun.

"Kalau begini, sudah tidak ada peluang (bagi tenaga honorer). ‎Di dalam Permen tidak ada kemudahan hanya untuk honorer k2 diberikan khusus (formasi), tapi terbentur karena tidak boleh lebih dari 35 tahun," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Dia mengungkapkan, jika batasan umur ini tetap diterapkan, maka hanya sebagian kecil honorer yang bisa ikut seleksi. Sedangkan para tenaga honorer ini telah bekerja lama sebagai guru dan tenaga kesehatan tanpa status yang jelas.

‎"Ini dari 430 ribu tenaga honorer, hanya 13 ribu orang saja yang masuk karena di bawah 35 tahun. Contoh di DKI Jakarta, honorer yang bisa (ikut seleksi) hanya 1 orang, dari 11 ribu tenaga honorer di Jakarta. Padahal DKI ini kekurangan 24 ribuan tenaga pengajar," ungkap dia.

Pertimbangkan Masa Bakti

Dalam aksinya, ribuan pegawai ini mengenakan seragam PNS warna cokelat dan sebagian lainnya mengenakan seragam PGRI, Jakarta, (15/10/14). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Oleh sebab itu, Didi berharap pemerintah merevisi batasan umur untuk tenaga honorer. Dia meminta pemerintah juga mempertimbangkan masa bakti para tenaga honorer ini.

"Kita minta ini direvisi. Kita minta pemerintah menghitung usia bukan saat dia bekerja, bukan saat seleksi. Mereka kan beda dengan pekerja umum yang baru, tenaga honorer ini bahkan sudah bekerja sejak sebelum 2005," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Mengapa Puasa Asyura Dianjurkan bagi Umat Islam?

Posted: 17 Sep 2018 09:48 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Muharram merupakan bulan mulia. Terdapat anjuran bagi umat Islam untuk melaksanakan sunah puasa Asyura di bulan Muharram.

Sesuai namanya Asyura yang berarti kesepuluh, maka puasa ini dijalankan pada 10 Muharram. Kedudukan hukum puasa ini dalam syariat Islam adalah sangat dianjurkan.

Banyak dalil yang menguatkan kesunahan puasa Asyura. Tetapi, patut diperhatikan, Rasulullah Muhammad SAW pernah mendapatkan informasi puasa Asyura mirip dengan tata cara ibadah umat Yahudi dan Nasrani.

Hal ini terekam dalam hadis riwayat Muslim dari Abdullah bin Abbas RA.

"Ketika Rasulullah SAW berpuasa hari Asyura dan memerintahkan (umatnya) untuk berpuasa. Orang-orang lalu bertanya, 'Wahai Rasulullah, itu adalah hari yang diagungkan oleh orang-orang Yahudi dan Nasrani.' Rasulullah SAW lalu bersabda, 'Maka kalau begitu, tahun depan jika Allah menghendaki kita berpuasa (jadi) di hari kesembilan!' Ibn 'Abbas berkata, 'Tahun depan itu tidak terjadi karena Rasulullah SAW sudah wafat sebelumnya'."

Hadis ini mengisyaratkan bagi umat Islam untuk melaksanakan puasa Asyura dengan didahului puasa di hari sebelumnya yaitu tanggal 9 Muharram. Sehingga, kedudukan puasa di hari kesembilan Muharram juga sunah.

Jumhur ulama kemudian menyatakan puasa hari kesembilan juga termasuk sunah. Puasa tersebut dilanjutkan dengan puasa hari kesepuluh sesuai tuntunan syariah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Puasa Tak Hanya Sehari

Puasa Dzulhijjah. (Ilustrasi: Pexels.com/Pixabay.com)

Terkait dengan pelaksanaan puasa Asyura yang tidak hanya satu hari, Imam An Nawawi punya penjelasannya. Dalam pandangan Imam An Nawawi, ada tiga sebab disunahkannya puasa Asyura lebih dari satu hari baik di hari sebelum maupun sesudahnya.

Pertama, menyelisihi kebiasaan ibadah orang-orang Yahudi yang biasa berpuasa hanya di hari kesepuluh. Ini didasari oleh riwayat dari Ibn 'Abbas. Kedua, menggabungkan puasa lain dengan puasa Asyura. Ini layaknya dimakruhkannya berpuasa hanya di hari Jumat saja (maka berpuasa satu hari Asyura saja, dianggap makruh). Ini menurut pendapat Al Khattabi dan beberapa ulama

Ketiga, kehatian-hatian karena boleh jadi hilal sebagai penanda waktu awal muharam sudah masuk bulan baru lebih awal, dan hari kesepuluh sebenarnya sudah masuk saat kita berpuasa yang kita kira sebagai hari kesembilan.

Sedangkan Ibnu Hajar Al Asqalani dalam Fathul Bari berpandangan puasa hari kesembilan Muharram juga disunahkan dengan alasan agar menyelisihi ibadah kaum Yahudi. Pandangan ini pula yang dianut oleh sebagian besar ulama.

 

Reporter : Ahmad Baiquni

Sumber  : Dream

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: Doa Istri TKI yang Disandera Kelompok Bersenjata di Sulbar

Posted: 17 Sep 2018 09:45 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Dua istri tki asal kabupaten Majene dan Polewali Mandar Sulawesi Barat yang suaminya menjadi korban penculikan oleh sekelompok orang bersenjata di perairan Semporna Malaysia sejak 7 September 2018 lalu, berharap kepada pemerintah Indonesia dan Malaysia agar suami yang menjadi tulang punggung dalam keluarga mereka selama ini bisa pulang dengan selamat dan kembali berkumpul bersama keluarga dan anak-anak yang mereka tinggalkan, selama merantau ke negeri jiran Malaysia.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Keppres Pengunduran Diri Sandiaga Sudah Dikirim ke Balai Kota DKI

Posted: 17 Sep 2018 09:42 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Sumarsono mengatakan, Keputusan Presiden (Keppres) mengenai pengunduruan diri Sandiaga Uno sebagai wakil gubenur DKI Jakarta sudah diterbitkan.

"Sudah (terbit) masih disegel," kata Sumarsono saat dihubungi di Jakarta, Selasa (18/9/2018).

Dia menyatakan, Keppres pengunduran diri Sandiaga tersebut sudah diserahkan ke Biro Pemerintah DKI Jakarta, yang selanjutnya disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Setelah itu, kata Sumarsono, Anies akan menyampaikan Keppres tersebut ke Ketua DPRD DKI Jakarta. Sehingga proses pengisian wakil gubernur pengganti Sandiaga, dapat dilaksanakan dan setiap partai pengusung berhak mengusulkan nama.

Calon Pengganti

Pasangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017 diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Masing-masing partai satu nama dan dua calon diteruskan ke Ketua DPRD untuk dipilih satu," ucapnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno mengundurkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta guna mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Keduanya telah mendaftar sebagai bakal capres dan cawapres ke KPU RI pada 10 Agustus 2018.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Hadapi Dua Turnamen, Timnas Indonesia U-19 Matangkan Pola Permainan

Posted: 17 Sep 2018 09:40 PM PDT

Pemain Timnas Indonesia U-19 berlari kecil jelang latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 berlari kecil jelang latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 memindahkan posisi gawang jelang latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 memindahkan posisi gawang jelang latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 melakukan lari pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 melakukan lari pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 melakukan pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 melakukan pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Syahrian Abimanyumelakukan pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Syahrian Abimanyumelakukan pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri saat memimpin latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri saat memimpin latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Nur Hidayat (depan) melakukan lari pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Nur Hidayat (depan) melakukan lari pemanasan saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan rekannya saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Rachmat Irianto (kiri) berebut bola dengan rekannya saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Nur Hidayat (kiri) berebut bola dengan Febri Eka saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Nur Hidayat (kiri) berebut bola dengan Febri Eka saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Syahrian Abimanyu (kiri) berebut bola dengan rekannya saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19, Syahrian Abimanyu (kiri) berebut bola dengan rekannya saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kiper Timnas Indonesia U-19, Aqil Savik (bawah) berusaha menahan bola saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Kiper Timnas Indonesia U-19, Aqil Savik (bawah) berusaha menahan bola saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (kedua kiri) melihat latihan anak didiknya di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri (kedua kiri) melihat latihan anak didiknya di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 beradu kecepatan berlari saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan  PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Pemain Timnas Indonesia U-19 beradu kecepatan berlari saat latihan di Lapangan B Kompleks GBK, Jakarta, Selasa (18/9). Latihan ini persiapan PSSI Anniversary Cup U-19 dan Piala AFC U19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Suap Sel Mewah di Lapas Sukamiskin, KPK Periksa Suami Inneke Koesherawati

Posted: 17 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan narapidana kasus suap pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla) Fahmi Darmawansyah.

Suami aktris Inneke Koesherawati itu akan diperiksa dalam kasus dugaan suap perizinan dan fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Dia akan dimintai keterangan untuk melengkapi berkas penyidikan mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

"Yang bersangkutan (Fahmi Darmawansyah) akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka WH (Wahid Husen)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (18/9/2018).

Sebelumnya, KPK mengungkap adanya suap perizinan dan fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin dalam operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Kalapas Sukamiskin Wahid Husen.

Dalam operasi senyap itu, KPK menemukan ada sel mewah yang memiliki pendingin udara, pemanas air, kulkas hingga toilet duduk. Sel tersebut diketahui dihuni oleh Fahmi Darmawansyah selaku narapidana kasus suap proyek pengadaan satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). 

Disuap Mobil Mewah

Wahid dan Fahmi pun dijadikan tersangka dalam kasus ini bersama dua orang lainnya. Yakni Andri yang merupakan tahanan pendamping Fahmi serta Hendry Saputra selaku orang kepercayaan Wahid.

Wahid diduga menerima suap berupa uang Rp 279.920.000 dan USD 1.400 serta dua mobil jenis Mitsubishi Pajero dan Mitsubishi Triton Exceed yang kini sudah diamankan pihak KPK. Wahid pun sudah mengakui penerimaan suap tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Persib Ajukan Perubahan Jadwal Laga Melawan Persija

Posted: 17 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Persib Bandung mengajukan perubahan jadwal pertandingan melawan Persija Jakarta pada lanjutan Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. El Clasico sepak bola Indonesia ini rencananya bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu, 23 September 2018.  

Dalam perkembangannya, panitia pelaksana (panpel) Persib memohon dilakukannya perubahan jadwal pertandingan. Seperti yang tertulis dari surat resmi yang bernomor 115/PANPEL-L1/IX-2018, panpel Persib meminta pertandingan tersebut dipindah menjadi hari Selasa, 25 September 2018, pukul 15.30 WIB di stadion yang sama.

Surat tersebut dikirimkan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku penyelenggara Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak, Senin sore (17/9/2018). Dalam surat itu disebutkan, disebutkan ada dua alasan penting yang disampaikan oleh pihak keamanan terkait laga tersebut. 

Pertama, karena aspek keamanan dan meningkatnya potensi kerawanan kriminalitas. Kedua, bersamaan dengan jadwal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), bahwa pada tanggal 23 September 2018 bertepatan dengan dimulainya tahap kampanye Pileg dan Pilpres 2019.

"Surat baru kami terima hari ini. Perlu diketahui, banyak hal yang harus dipikirkan untuk mengubah jadwal pertandingan. Bukan melulu pada kondisi atau situasi kedua tim yang bertanding. Kami harus mempertimbangkan aspek lain yang tak kalah penting," jelas Tigorshalom Boboy, COO PT LIB, menanggapi surat dari Panpel Persib, Senin (17/9).

Terkait hal tersebut, PT LIB akan berkoordinasi dengan banyak pihak terlebih dulu. "Perkembangan tentang status laga itu, akan kami umumkan secepatnya," kata Tigor.

Persib Awet di Puncak Klasemen

Kiper Persija, Andritany (kanan) bersama pemain Persib, Jonatan Bauman saat laga lanjutan Go-Jek Liga 1 Indonesia 2018 bersama Bukalapak di Lapangan PTIK, Jakarta, Sabtu (30/6). Laga dimenangkan Persija 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sementara itu, Persib kembali memetik kemenangan saat bertemu Borneo FC, Senin (17/9/2018). Dalam duel yang berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, tersebut Persib menang 1-0.

Tambahan tiga poin membuat Persib semakin kokoh di puncak klasemen sementara dengan koleksi 38 poin dari 21 laga. Sementara di urutan kedua ditempati Madura United dengan 36 poin dari 21 pertandingan.

Saksikan juga video menarik di bawah ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Gaun Rusak Saat Hadiri Emmy Awards, Bokong Artis Ini Terekspos

Posted: 17 Sep 2018 09:40 PM PDT

Liputan6.com, Los Angeles - Dalam ajang sebesar Emmy Awards, tentu para tamu undangan ingin tampil semenarik mungkin. Begitu juga dengan artis Kaitlyn Bristowe, saat menghadiri ajang Emmy Awards 2018 yang digelar Selasa (18/9/2018) pagi waktu Indonesia di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat.

Dalam perhelatan Emmy Awards 2018, bintang The Bachelorette ini mengenakan gaun dengan belahan punggung rendah yang dihiasi tali bermanik-manik.

Hanya saja, dia justru mendapat nasib apes. Ritsleting yang terletak di bagian belakang gaunnya rusak.

"Menghadiri Emmy dan ritsletingku rusak dan bokongku terekspos. Aku tak bisa berdiri dan aku tak tahu harus melakukan apa," tulisnya lewat Twitter, di sela-sela penyelenggaraan Emmy Awards.

Minta Pertolongan

Twitter/ @kaitlynbristowe

Di foto lain, ia mengunggah gaunnya yang rusak di bagian belakang. Ia pun meminta saran dari para followers-nya dalam keadaan darurat ini.

Ada salah satu pengikutnya yang mengungkapkan bahwa ia bisa menggunakan anting sebagai peniti. Tapi hal ini ternyata juga tak bisa dilakukan.

Mendapat Pertolongan

"Aku bakal butuh sekitar 10... dan aku enggak pakai anting-anting," tuturnya.

Beruntung, akhirnya ada tamu Emmy Awards lain yang menolongnya. "Ada pasangan yang membantuku tetap di sini. Sang pria menawarkanku jas miliknya setiap kali aku berdiri. Sopan santun belum mati," tuturnya.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Pertemuan di Italia, Indonesia Dukung Hak Petani dan Lindungi Industri

Posted: 17 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Indonesia menghadiri First Meeting of the Ad Hoc Technical Experts Group on Farmers' Rights di Roma, Italia yang berlangsung pada 11 - 14 September 2018. Kegiatan ini diselenggarakan International Treaty On Plant Genetic Resources For Food And Agriculture (ITPGRFA) bersama Food Agriculture Organization of the United Nations (FAO) guna mempercepat pelaksanaan berbagai kesepakatan internasional tentang tentang Sumberdaya Genetik Tanaman (SDG), terutama yang terkait dengan hak petani atau farmers' rights. Salah satu expert yang diundang mewakili kawasan Asia Pasifik dalam kegiatan ini adalah Erizal Jamal, Kepala Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan).

Erizal Jamal menjelaskan kesepakatan Internasional tentang SDG untuk Pangan dan Pertanian, yang telah diratifikasi Indonesia melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2006 Tentang Pengesahan International Treaty On Plant Genetic Resources For Food And Agriculture (ITPGRFA) atau Perjanjian Mengenai SDG Untuk Pangan Dan Pertanian, mengamanatkan kepada negara untuk merealisasikan hak petani (farmers' rights) dalam mengkonservasi SDG. Selain itu, guna mengembangkannya agar kemandirian pangan tercapai sehingga kesejahteraan petani terwujud.

"Pada artikel ke 9 kesepakatan, di antaranya menyebutkan bahwa negara diminta untuk menjaga kearifan lokal yang sejalan dengan upaya pelestarian SDG. Negara juga diharapkan menjamin hak petani dalam pemanfaatan hasil pengembangan SDG, dalam bentuk pembagian keuntungan dari hasil pengembangannya, serta hak petani untuk menyimpan, menggunakan serta berbagi dengan sesama petani hasil pengembangannya berupa benih," demikian dikatakan pria yang akrab disapa Erizal di Jakarta, Senin (17/9/2019).

Menurutnya, untuk merealisasikan kesepakatan ini Indonesia telah melakukan beberapa hal antara lain dengan di keluarkannya keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 99/PUU-X/2012, yang mengamandemen Undang-Undang No 12 tahun 1992, tentang Sistem Budidaya Tanaman. Melalui amandemen ini negara memberikan hak kepada perorangan petani kecil untuk dapat melakukan pencarian dan pengumpulan SDG, tanpa harus izin pemerintah serta mengedarkan varietas hasil pemuliaan petani dalam lingkungan terbatas tanpa proses pelepasan oleh Pemerintah.

"Karena itu, kegiatan First Meeting of the Ad Hoc Technical Experts Group on Farmers' Rights ditekankan untuk lebih mempercepat pelaksanaan berbagai kesepakatan internasional ini, terutama yang terkait dengan hak petani atau farmers' rights, ITPGRFA. Intinya, untuk mewujudkan kemandirian pangan dan hak petani," jelasnya.

Lebih lanjut Erizal mengungkapkan pertemuan yang berlangsung selama 4 hari ini merumuskan rekomendasi tentang berbagai upaya untuk merealisasikan hak petani sebagaimana yang diamanatkan Treaty pada artikel 9. Perdebatan yang panjang terjadi karena upaya ini dalam banyak hal tidak sejalan dengan kepentingan industri perbenihan, terutama industri benih dari negara yang tergabung dalam International Union for the Protection of New Varieties of Plant (UPOV).

"Upaya harmonisasi kepentingan petani dan industri benih merupakan salah satu inti rumusan pertemuan. Indonesia mendukung penuh upaya ini, karena dalam prakteknya Indonesia sudah memberikan perhatian yang seimbang kepada hak petani dan industri benih, dalam hal ini berupa hak pemulia atau Breeder RightI," ungkapnya.

Perlindungan Varietas Tanaman atau Hak PVT memberikan perlindungan kepada hasil pemuliaan yang dilakukan pemulia dan industri benih. Sementara itu negara juga mengakui hak-hak petani secara komunal dalam pelestarian SDG melalui pendaftaran varietas lokal.

"Bagi petani yang mengembangkan kegiatan pemuliaan, Pusat PVTPP bersama Balitbangtan, melakukan pendampingan agar varietas yang dihasilkan petani dapat dilepas sejalan dengan aturan yang berlaku serta dapat diberikan Hak Perlindungan Varietas," tegas Erizal.

Perlu diketahui, hasil kesepakatan awal dari pertemuan ini terdiri dari beberapa butir usulan. Draft kesepakatan ini akan terus didiskusikan melalui forum ini dan on-line discussion. Pada akhirnya nanti hasil kesepakatan ini akan disampaikan kepada seluruh negara anggota untuk disepakati dalam pertemuan Governing Body dari ITPGRFA, yang akan dilakukan pada tahun 2019 di FAO-Roma.

Kegiatan ini dihadiri oleh 39 peserta yang mewakili 7 kawasan di dunia, serta perwakilan petani dan masyarakat sipil serta perwakilan organisasi seperti International Union for the Protection of New Varieties of Plant (UPOV) dan International Seed Federation (ISF). Selain itu hadir juga 36 peserta lainnya sebagai pengamat atau observer dari berbagai kalangan, termasuk perwakilan Serikat Petani Indonesia (SPI).

 

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Turki dan Rusia Sepakat Bentuk Zona Penyangga Perang Suriah di Idlib

Posted: 17 Sep 2018 09:33 PM PDT

Liputan6.com, Damaskus - Rusia dan Turki telah sepakat menciptakan zona penyangga demiliterisasi di Provinsi Idlib, untuk memisahkan pasukan pemerintah Suriah dari serangan kelompok pemberontak yang bermarkas di sana.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan akan membentuk zona penyangga sepanjang 15 hingga 25 kilometer, yang mulai berlaku pada 15 Oktober mendatang.

Pasukan dari Rusia --sekutu pemerintah Suriah-- dan Turki, yang mendukung pemberontak, akan berpatroli di zona itu, demikian sebagaimana dikutip dari BBC pada Selasa (18/9/2018).

PBB telah memperingatkan bencana kemanusiaan jika tentara Suriah melancarkan serangan habis-habisan untuk merebut kembali Idlib.

Namun setelah pertemuan hari Senin antara Putin dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Sochi, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan kesepakatan itu berarti tidak akan ada operasi semacam penyerangan di Idlib dan sekitarnya.

Presiden Putin mengatakan bahwa berdasarkan kesepakatan, semua persenjataan berat, termasuk tank, sistem peluncuran roket dan peluncur mortir yang dioperasikan oleh kelompok pemberontak, perlu ditarik keluar dari zona penyangga pada 10 Oktober.

Kelompok-kelompok jihadis, termasuk Front al-Nusra, kata Putin, harus meninggalkan zona itu sebelum tanggal yang telah ditentukan.

Tidak jelas apakah zona itu termasuk kota di Provinsi Idlib, yang akan mengharuskan beberapa pemberontak menarik diri darinya.

Presiden Erdogan mengatakan: "Kami akan mencegah tragedi kemanusiaan yang bisa terjadi sebagai akibat dari tindakan militer."

Sebelumnya, Erdogan menyerukan gencatan senjata di Suriah utara untuk mencegah risiko "pertumpahan darah" dan krisis pengungsi besar lainnya di perbatasan selatan Turki.

 

Simak video pilihan berikut:

Benteng Terakhir Kelompok Pemberontak

Warga Suriah, Hadheefa al-Shahadh duduk bersama anak-anaknya di dalam gua yang dia gali dalam rumahnya di Desa Maud Shurin, Provinsi Idlib, Selasa (11/). Gua itu dibuat untuk berlindung ketika pemerintah Suriah melakukan serangan. (OMAR HAJ KADOUR/AFP)

Provinsi Idlib adalah benteng besar terakhir dari kelompok pemberontak dan jihadis, yang telah berusaha menggulingkan Presiden Bashar al-Assad selama tujuh tahun terakhir, dalam perang sipil yang telah menewaskan lebih dari 350.000 orang.

Idlib, dan daerah yang bersebelahan dengan Hama dan Aleppo, adalah rumah bagi sekitar 2,9 juta orang, termasuk satu juta anak.

Peningkatan tajam permusuhan sejak awal September, dan kekhawatiran eskalasi lebih lanjut, telah menyebabkan puluhan ribu orang mengungsi.

Adapun ratusan ribu lainnya yang masih bertahan di Idlib, hidup dalam kondisi yang mengerikan dan berdesakan, di mana layanan dasar kehidupan sangat minim.

Idlib tidak dikontrol oleh satu grup, melainkan oleh sejumlah faksi saingan yang memimpin sekitar 70.000 pejuang. Kekuatan dominan adalah Hayat Tahrir al-Sham (HTS), aliansi jihadis yang terkait dengan al-Qaeda.

Analis PBB mengatakan bahwa Idlib juga sangat penting secara strategis. Wilayah ini berbatasan dengan Turki di utara dan melintasi jalan raya utama yang membentang ke selatan dari Aleppo ke Hama dan ibu kota, Damaskus, dan barat ke kota pesisir Mediterania Latakia.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Perkuat Rupiah, Pupuk Indonesia Targetkan Ekspor Senilai Rp 8,31 Triliun

Posted: 17 Sep 2018 09:32 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Pupuk Indonesia Grup berkomitmen mendorong ekspor pupuk sebagai upaya perkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Pupuk Indonesia memproyeksikan dapat mengekspor pupuk Urea, Amoniak dan NPK hingga akhir 2018 dengan nilai Rp 8,31 trilliun.

"Pupuk Indonesia merupakan satu dari sejumlah BUMN yang selalu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor produk yang kualitasnya telah diakui. Ekspor ini pun dilakukan setelah memastikan dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dalam negeri terpenuhi," kata Menteri BUMN Rini Soemarno dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (18/9/2018).

Untuk diketahui, pada Selasa ini Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau persiapan ekspor di Kapal Phuong Dong yang memuat 20.000 ton Urea menuju Filipina di pelabuhan PT Pupuk Kalimantan Timur.

Hadir mendampingi Rini, Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat, Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro, Deputi Jasa Keuangan, Survey dan Konsultan Gatot Trihargo, dan Deputi Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Edwin Hidayat Abdullah.

Aas Asikin Idat menambahkan bahwa pihaknya berkomitmen menjaga penjualan ekspor sebagai upaya memacu pertumbuhan ekonomi nasional dengan menyumbang devisa negara dan kembali memperkuat nilai rupiah.

"Hal ini juga merupakan kebanggaan bahwa produk pupuk kami berdaya saing tinggi dan dapat diterima di pasar Internasional" ujar dia.

Aas pun menegaskan bahwa penjualan ekspor tersebut dilakukan setelah mendapatkan izin ekspor dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan pupuk sektor subsidi dalam negeri dan stok minimal sesuai ketentuan yang diatur Permendag No 15 tahun 2013.

 

Kinerja ekspor

Pabrik Kaltim-5 milik PT Pupuk Kaltim. (Foto: Pupuk Indonesia)

Sepanjang Januari – Agustus 2018, Pupuk Indonesia telah mencatatkan penjualan ekspor sebesar 1.081.425 ton yang terdiri dari 616.294 ton Urea, 371.841 ton Amoniak dan 93.290 ton NPK atau dengan total senilai Rp 4,55 trilliun.

Sebagai produsen pupuk terbesar di Asia Tenggara, Pupuk Indonesia menguasai pasar pupuk Negara-Negara di Asia Tenggara seperti Filipina, Vietnam, Thailand, Myanmar, Malaysia, Timor Timor dan Singapura dengan total ekspor sebesar 507.694 ton Urea, 126.170 ton Amoniak, dan 21.301 ton NPK atau senilai Rp 2,67 triliun.

Selain Asia Tenggara, wilayah Asia Timur seperti Cina, Jepang dan Korea Selatan masih menjadi tujuan ekspor tertinggi untuk produk-produk tersebut. Tidak hanya wilayah Asia, namun produk Pupuk Indonesia pun telah masuk ke pasar Jordan, USA, Afrika Selatan, Chile, Puerto Rico, dan Peru.

"Ke depannya, untuk lebih meningkatkan ekspor, Pupuk Indonesia akan memperkuat jaringan ekspor di negara-negara tujuan melalui berbagai kegiatan promosi tingkat Internasional dan juga ikut serta dalam kegiatan misi dagang," tambah Aas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Orangtua Penyekap 3 Anak Angkat di Makassar Coba Kibuli P2TP2A

Posted: 17 Sep 2018 09:32 PM PDT

Makassar - Polisi akhirnya meringkus terduga penyekap dan penganiaya tiga anak angkat di rumah toko (ruko) di Jalan Mira Seruni, Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar.

Acci alias Memei alias Gensel (31) diringkus di rumah Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jalan Anggrek Raya, Makassar, Senin sore menjelang malam, 17 September 2018, setelah polisi menerima laporan dari P2TP2A.

"Kita terima laporan dari pihak Polrestabes bahwa pelaku berada di sekitar lokasi P2TP2A, makanya tim kita langsung bergerak cepat ke sini, kemudian terduga pelaku kita amankan," kata Kepala Unit (Panit) II Resmob Panakkukkang, Ipda Rober Harianto Siga, saat ditemui di kantor P2TP2A, Makassar.

Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Makassar, Tenri A Palallo mengatakan, Acci awalnya datang bersama sejumlah orang yang disebut-sebut sebagai tim pendamping hukumnya.

"Terus langsung dia masuk ke sini, empat orang tadi kalau saya tidak salah ingat. Dia bilang mau bawa pulang kembali itu dua orang anak. Saya bilang, ibu ini sudah berperkara untuk sementara kita amankan dulu anak ini di sini, tapi dia tetap ngotot," kata Tenri saat ditemui di tempat yang sama.

Beberapa jam berselang, lanjut Tenri, polisi datang untuk mengamankan pelaku. Sementara, sejumlah tim kuasa hukumnya ikut mendampingi pelaku.

"Jadi langsung datang tadi petugas kita koordinasi supaya pelaku ini bisa diamankan cepat apa lagi kita sudah masukkan laporan resmi," ucapnya.

Sementara ini, pelaku masih diamankan di Mako Polrestabes Makassar untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Belum ada keterangan resmi dari pihak Polrestabes Makassar, terkait tindak lanjut dari proses hukum pelaku.

Dua anak angkat korban dari kekejian Memei, US (5) dan DV (2,5) sementara didampingi pihak P2TP2A. Mereka ditempatkan di sana sebagai rangkaian dalam proses pemulihan fisik dan mental pasca-penyekapan dan penganiayaan.

 

 

Segel Rumah

Sejauh ini kedua kakak beradik itu masih diamankan di rumah aman P2TP2A Makassar untuk pemulihan kondisi fisik dan mental. (Istimewa)

Tak hanya menangkap, polisi juga menyegel rumah Acci alias Memei alias Gensel (31), terduga penganiaya tiga anak angkatnya di Makassar. Ketiga korban berinisial US (5), DV (2,5), dan OW (11). Khusus OW, keberadaannya masih dicari polisi usai menyelamatkan dua adiknya yang disekap orangtua angkat.

"Kalau belum ditemukan nanti kami akan menyebar juga fotonya, karena dikhawatirkan jangan sampai nanti terjadi apa-apa sama anak ini di jalan," ucap Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Wirdanto.

Penyegelan bangunan jenis ruko tiga lantai itu ditangani langsung pihak Resmob Polsek Panakkukang, Senin, 17 September 2018, sekitar pukul 21.00 WITA. Dari pantauan JawaPos.com di lokasi, tepat di rumah Acci di Jalan Mira Seruni, Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, garis polisi sepanjang kurang lebih 3 meter, terbentang mengitari pintu gerbang ruko ini.

Penyegelan dilakukan menyusul kelanjutan kasus ini usai dilaporkan oleh pihak Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar. Laporan terkait dugaan kasus penganiayaan dan penelantaran tiga bocah oleh orang tua angkatnya, Memei.

Sejumlah petugas dari Dinas Perlindungan Peremuan dan Anak (P2A) Pemkot Makassar, P2TP2A dan gabungan kepolisian berupaya mensterilkan area. Setelah disegel, petugas akan langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

P2TP2A Makassar, Senin sore, resmi melaporkan orangtua angkat tiga bocah korban penganiayaan itu ke polisi. Memei dilaporkan atas dasar penganiayaan secara fisik dan psikologis, serta penelantaran terhadap tiga anak angkatnya.

Ketiga bocah itu disebutkan, disekap oleh orangtua angkatnya Memei. Mereka lalu melarikan diri dari tempat mereka disekap di Jalan Mirah Seruni, Kelurahan Pandang, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Minggu malam, 16 September 2018.

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

PSSI Pastikan Luis Milla Tetap Pelatih Timnas Indonesia

Posted: 17 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Luis Milla dipastikan akan tetap melatih timnas Indonesia. Kepastian tersebut didapat lewat rapat Eksekutif Komite (Exco) PSSI bersama Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Senin (17/8/2018) malam WIB, yang berlangsung tertutup.

PSSI sudah menerima informasi dari agen yang menaungi Milla bahwa arsitek asal Spanyol itu menerima tawaran perpanjangan kontrak sebagai pelatih timnas Indonesia. Namun, pria berusia 52 tahun itu tak bisa kembali ke Indonesia dalam waktu dekat.

Milla baru akan kembali ke Tanah Air sehari sebelum timnas Indonesia beruji coba melawan Myanmar pada 10 Oktober 2018.

"PSSI memastikan kembali bahwa Luis Milla (tetap) sebagai pelatih timnas Indonesia," bunyi salah satu poin keputusan Exco PSSI seperti dinyatakan salah satu anggotanya, Yoyok Sukawi, Selasa (18/9/2018).

"Luis (Milla) juga telah memberikan respons positif atas permintaan perpanjangan kontrak ini," ujar Yoyok mengenai hasil keputusan Exco PSSI.

Kursus Lisensi UEFA Pro

Luis Milla akan tetap melatih timnas Indonesia. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Yoyok memastikan Milla tidak akan datang ke Indonesia dalam waktu dekat ini. Sebab, mantan pelatih timnas Spanyol U-21 tersebut masih menjalani kursus lisensi UEFA Pro. Namun, Yoyok menjamin komunikasi PSSI dengan pihak Milla tidak akan terputus.

"Kedatangan Luis (Milla) ke Indonesia dijadwalkan pada 9 Oktober 2018. Setelah yang bersangkutan selesai menjalani refreshing (kursus kepelatihan) UEFA-Pro," paparnya.

"Dalam periode ini (mulai hari ini hingga seminggu ke depan), PSSI dengan Luis (Milla), melakukan finalisasi (administrasi) kontrak," demikian keputusan Exco PSSI.

Sumber: Bola.net

Saksikan video pilihan berikut ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sutradara Rasakan Hal Aneh di Pembuatan Film The Sacred Riana

Posted: 17 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Selama menjalani pengambilan gambar di Tegal, Jawa Tengah, Billy Christian, selaku sutradara film The Sacred Riana mendapati hal-hal aneh terkait Riana.

Diakuinya, awalnya dia sempat canggung mengarahkan wanita berusia 26 tahun itu. Apalagi saat menerima jawaban Sacred Riana yang hanya mengangguk dan menggeleng.

"Awalnya memang agak awkward saat syuting sama Riana, karena dia tiap ditanya jawabnya ngangguk atau geleng. Tapi anehnya dia tetap paham setiap dijelasin, jadi lama-lama terbiasa," cerita Billy usai jumpa pers di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (17/9/2018)

Setiap berada di lokasi, demi kenyamanan The Sacred Riana, pihak management meminta disediakan satu tempat khusus. Tempat itu akan digunakan Riana dan tim selama proses syuting berlangsung.

 

Membawa Boneka Riani

Preskon The Sacred Riana (Adrian Putra/bintang.com)

"Kita pengin ada satu ruangan buat Riana. Pokoknya tiap pindah lokasi kita mau ada satu ruangan mau berupa tenda kek, apa kek. Intinya, itu yang ditekankan," jelas Bow selaku jubir Riana ditemui di tempat yang sama.

Selama syuting, The Sacred Riana tak pernah lepas dari bonekanya yang diberi nama Riani. Diungkap oleh Bow, dalam keseharian, artisnya itu memang tidak pernah meninggalkan Riani sendirian.

"Boneka selalu dibawa-bawa, enggak boleh enggak dibawa, begitu pun saat syuting. Dari kecil dia memang suka bawa boneka," kata dia.

 

Jarang Berinteraksi

Pemeran film The Sacred Riana (Adrian Putra/bintang.com)

Konsisten dengan performa ketika menjadi magician, selama syuting The Sacred Riana mempertahankan hal tersebut. Ketika break ia memilih berdiam diri. Tidak ada obrolan sama sekali kecuali jika itu memang dibutuhkan.

"Dia kalau sama orang yang enggak dikenal memang enggak ngobrol karena enggak nyaman. Tapi seiring waktu akan ada satu dua kata muncul atau saya yang akan mengartikannya. Coba tanya saja sama pemain gimana dia di belakang layar, dia memang seperti itu, kalau makan tiba-tiba ngilang, ke toilet tiba-tiba ngilang, kadang saya nyariin," tuntas Bow.

The Sacred Riana direncanakan tayang pada awal tahun 2019. Dibintangi oleh The Sacred Riana, Aura Kasih, Citra Prima, serta Agatha Chelsea.

Film yang diproduksi Nant Entertainment ini bukanlah sebuah biopik. Melainkan membahas di balik terciptanya karakter The Sacred Riana yang anomali. (Kapanlagi.com/ Adi Abbas)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Top 3 Tekno: Path Bakal Ditutup Oktober 2018

Posted: 17 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Artikel terpopuler Tekno Liputan6.com edisi Senin (17/9/2018), berasal dari semua informasi soal Path yang bakal ditutup pada 2018.

Adapun artikel tersebut, berasal dari pernyataan resmi Path yang bakal ditutup, ungkapan berkesan pendiri Path Dave Morin tentang Indonesia, dan cara menyimpan backup data foto dan video dari Path.

Untuk lebih lengkap, yuk simak ketiga berita lengkapnya berikut ini.

1. Resmi Ditutup, Path Umumkan Selamat Tinggal

Media sosial berbagi momen Path resmi mengumumkan selamat tinggal kepada para penggunanya. Sebelumnya, lini masa internet memang ramai dengan kabar bahwa Path bakal tutup usia.

Kini, Path mengonfirmasi hal tersebut dengan menampilkan pengumuman di laman Path.com dan di aplikasi Path kepada pengguna.

Sebagaimana Tekno Liputan6.com, kutip dari Path.com, Senin (17/9/2018), Path dengan berat hati mengumumkan pihaknya akan menghentikan layanan mereka.

"Dengan berat hati, kami mengumumkan bahwa kami akan berhenti menyediakan layanan yang kami cintai, Path," demikian bunyi pengumuman Path.

Selengkapnya baca di sini

2. Mau Ditutup, Ini Ungkapan Bos Path yang Sangat Berkesan tentang Indonesia

Setelah delapan tahun beroperasi, media sosial Path akhirnya menyerah dan menutup layanannya pada 18 Oktober 2018.

Ucapan selamat tinggal diumumkan oleh Path melalui laman web Path.com dan pop-up pengumuman di aplikasinya per 17 September 2018.

Lantaran tergerus oleh media sosial lain seperti Instagram, Snapchat, hingga Facebook, sinar Path mulai meredup.

Selengkapnya baca di sini

3. Path Bakal Ditutup, Ini Cara Selamatkan Foto dan Video Lama Kamu

Setelah ramai disebut-sebut akan tutup, Path akhirnya buka suara.

Media sosial besutan Dave Morin dkk ini akhirnya benar-benar mengumumkan selamat tinggal kepada seluruh penggunanya lewat unggahan di Path.com dan aplikasi.

Path bakal menghentikan seluruh layanannya per 18 Oktober 2018. Semua pengguna Path pasti pernah mengunggah banyak momen ke media sosial yang dibesut pada 2010 ini.

Kenangan berharga yang pernah diunggah di Path selama bertahun-tahun pun pasti bakal dirindukan.

Selengkapnya baca di sini

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

VIDEO: SPBU di Tegal Dirampok, Rp 180 Juta Raib

Posted: 17 Sep 2018 09:30 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Kawanan perampok beraksi di SPBU Cabawan, Kota Tegal, berhasil menggasak uang setorang sebanyak 180 juta rupiah, serta melukai satu orang karyawan.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Cara Bawaslu Hadapi Serangan Medsos di Pilpres 2019

Posted: 17 Sep 2018 09:25 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Fritz Edward Siregar, mengakui pihaknya tak bisa mengimbangi robot atau bot di media sosial, untuk mengantisipasi serangan-serangan, khususnya saat kontestasi Pilpres 2019.

Karenanya, dia menuturkan peran pencegahan akan lebih diutamakan Bawaslu.

Hal ini disampaikan saat hadir dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diadakan oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, di Posko Cemara.

"Peran pencegahan lebih diutamakan. Kita enggak bisa mengimbangi boot itu," ucap Fritz di lokasi, Selasa (18/9/2018).

Dia menuturkan, pihaknya sudah melakukan kesepakatan bersama dengan lembaga-lembaga lainnya. Dan masing-masing lembaga punya cara sendiri.

"Jadi Bawaslu sudah melakukan MoU dan masing-masing lembaga punya cara untuk men-take down. Bawaslu masih mengupayakan untuk mencegah," jelas Fritz.

 

Grey Area

Ilustrasi berita hoax.

Sementara itu, Sekretaris TKN, Hasto Kristiyanto, mengingatkan, pentingnya para penyelenggara Pemilu yang adil dan tegas.

"Kami ingin ada aturan main mana yang boleh dan yang tidak boleh. Mana yang gray area, harus tegas. Karena dengan ketegasan kepada aturan main, maka kontestasi itu akan menjadi jelas," ungkap Hasto.

Dia mencontohkan, apa yang terjadi pada Asian Games 2018. Jika wasit berlaku adil, maka semua pihak tentu akan menghormati.

"Ketika kita momentum Asian Games kami mengatakan bahwa para politisi, para tim kampanye, kedua pasangan calon harus belajar dari semangat politik olahraga yang mengandung fairness yang setia kepada wasitnya. Enggak ada yang maki-maki wasitnya," pungkasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Razia Pajak Kendaraan, Petugas Sita Atribut TNI dari Warga Sipil

Posted: 17 Sep 2018 09:21 PM PDT

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan dokumen pengendara sepeda motor saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer,  Bogor, Selasa (18/9). Razia itu menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan dokumen pengendara sepeda motor saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia itu menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan dokumen pengendara mobil saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer,  Bogor, Selasa (18/9). Razia rutin itu melibatkan unsur Polri dengan Dispenda, POM TNI dan Dinas Perhubungan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan dokumen pengendara mobil saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia rutin itu melibatkan unsur Polri dengan Dispenda, POM TNI dan Dinas Perhubungan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa pajak STNK saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia yang melibatkan unsur POLRI, POM, Dishub dan Dispenda ini menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa pajak STNK saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia yang melibatkan unsur POLRI, POM, Dishub dan Dispenda ini menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan dokumen pengendara sepeda motor saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer,  Bogor, Selasa (18/9). Razia itu menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas kepolisian memeriksa kelengkapan dokumen pengendara sepeda motor saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia itu menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa pajak STNK saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia yang melibatkan unsur POLRI, POM, Dishub dan Dispenda ini menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

Petugas memeriksa pajak STNK saat melakukan razia gabungan di kawasan Naggewer, Bogor, Selasa (18/9). Razia yang melibatkan unsur POLRI, POM, Dishub dan Dispenda ini menyasar pemilik kendaraan yang belum membayar pajak kendaraan. (Merdeka.com/Arie Basuki)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Moeldoko Yakinkan Investor Pasar Modal bahwa Ekonomi RI Sehat

Posted: 17 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko melakukan kunjungan kerja ke Gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Selasa (18/9/2018). Dalam kunjungan ini ia meyakinkan investor bahwa perekonomian di Indonesia sangat sehat di tengah isu perang dagang yang dilancarkan Amerika Serikat (AS) dan China.

Selain itu, Moeldoko  melanjutkan, kesempatan investasi di dalam negeri juga tetap besar meski situasi saat ini sedang diguncang oleh berbagai dinamika politik dan ekonomi.

Dia mengatakan, situasi di Indonesia baik dari sisi politik maupun ekonomi kini sangat aman, walaupun kondisi global tengah carut marut lantaran adanya gejolak perekonomian di negara berkembang lain semisal Argentina dan Turki.

"Perekonomian suatu negara itu banyak dipengaruhi oleh situasi global. Itu sudah pasti, karena kita tidak hidup di ruang hampa. Tapi jangan dikaitkan bahwa nilai rupiah kita dengan kondisi global. Itu sebuah pandangan yang sangat keliru," tutur dia.

Terkait dinamika politik menjelang berlangsungnya Pemilihan Presiden (Pilpres) pada April 2019 mendatang, ia pun mengimbau tidak perlu khawatir. Sebagai perbandingan, tambahnya, proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 171 kabupaten dan kota pada Juni kemarin berhasil menunjukan kematangan demokrasi negara.

"Saya ingin tegaskan, dinamika politik pasti akan berjalan. Tapi percayalah, bahwa situasi akan berjalan dengan baik. Saya, mantan panglima TNI, punya insting yang kuat untuk membaca situasi. Saya paham betul akan ke mana situasi ke depan terjadi," paparnya.

 

Peluang Investasi

Kepala Staf Presiden RI, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Hal serupa turut ia lontarkan terkait situasi ekonomi Indonesia saat ini. Menurutnya, berbagai problem seperti nilai tukar rupiah yang terombang-ambing dapat tertolong oleh peluang investasi di Indonesia yang masih sangat besar.

"Soal situasi ekonomi saat ini, jangan takut juga. Pemerintah telah menyiapkan sarana untuk menanggulangi itu dengan baik, yakni lewat bentuk investasi dan infrastruktur. Saya yakinkan, investasi sebesar-besarnya ada di Indonesia," pungkas Moeldoko.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Coutinho Siap Bantu Barcelona Kembali Berjaya di Liga Champions

Posted: 17 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Barcelona - Philippe Coutinho bakal segera melakoni debut di Liga Champions bersama Barcelona saat menghadapi PSV Eindhoven di Stadion Camp Nou, Selasa (18/9/2018) malam WIB. Coutinho baru bisa jalani debut karena pindah dari Liverpool di pertengahan musim lalu.

Barcelona tak bisa memainkannya di Liga Champions musim lalu karena pernah bermain untuk Liverpool. Coutinho mengaku tak sabar untuk memulai debut di Barcelona.

Apalagi, dia mengaku cukup heran dengan kegagalan Barcelona meraih gelar Liga Champions di tiga edisi terakhir. Tim sekaliber Barcelona, kata dia, seharusnya bisa mendapatkan lebih dari satu gelar di empat tahun terakhir.

Karena itu, dia siap membantu Barcelona kembali berjaya di Liga Champions. Dia ingin Barcelona juara di Liga Champions musim ini.

"Sulit untuk menjelaskan mengapa Barcelona hanya menangkan satu dari empat edisi terakhir Liga Champions. Padahal kami punya Lionel Messi, pemain terbaik di dunia dan mungkin sepanjang sejarah," kata Coutinho seperti dikutip Marca.

Kompetisi Penting

Gelandang Barcelona, Philippe Coutinho. (AFP/Josep Lago)

Coutinho mengatakan, Liga Champions kali ini menjadi kompetisi paling penting bagi Barcelona. Itu mengingat kegagalan Barcelona di tiga edisi terakhir.

"Liga Champions itu kompetisi paling penting. Saya sudah tak sabar untuk main untuk Barcelona di kompetisi ini," kata Coutinho seperti dikutip Marca.

"Kami akan berjuang untuk setiap gelar. Ini turnamen paling penting di dunia dan kami tak sabar untuk tampil bagus musim ini."

Grup Sulit

Philippe Coutinho (AP Photo/Manu Fernandez)

Coutinho mengatakan, Barcelona berada di grup sulit di liga Champions. Di grup B, Barcelona satu grup dengan PSV Eindhoven, Inter Milan dan Tottenham Hotspur.

Dia tak mau menyebut Barcelona sebagai favorit. "Siapa yang favorit itu hanya sebutan media," ujarnya.

"Kami berada di grup yang sangat sulit. Kelolosan bisa ditentukan oleh poin yang tipis. Kami harus memberi yang terbaik di setiap laga sehingga kami tak terkejut."

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Sempat Berseteru, Keponakan Dewi Perssik Yakin Bisa Sukses Tanpa Tantenya

Posted: 17 Sep 2018 09:20 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Perseteruan antara Dewi Perssik dengan keponakannya Rosa Meldianti masih terus berlanjut. Setelah sempat iri dengan kakaknya yang diberikan uang sebesar Rp 50 juta untuk biaya menikah, kini sang keponakan kembali mempermasalahkan Dewi Perssik.

Meldi, begitu sapaan Rosa Meldianti, merasa ia dianak tirikan oleh Dewi Perssik. Diantara keponakannya, hanya ia yang tidak merasakan kebaikannya.

Bahkan, kata dia, Dewi Perssik lebih memilih mengorbitkan keponakannya yang lain bernama Lebby, ketimbang dirinya.

"Aku merasa dikucilkan oleh tante (Dewi Perssik). Dia memunculkan ponakannya yang satu lagi. Bisa tega gitu sama saya," ujar Meldi ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat belum lama ini.

 

 

Dijanjikan Dewi Perssik

Rosa Meldianti, keponakan Dewi Perssik

Apa yang diucapkan Meldi bukan tanpa alasan. Sebelumnya ia mengaku sempat dijanjikan oleh Dewi Perssik akan dicarikan lagu untuk menapaki karir di dunia musik dangdut Tanah Air.

Namun dengan berbagai alasan, semua itu kini hanya janji manis belaka.

"Digantungin, nggak dibeli-beli lagunya katanya suara saya jelek. Akhirnya ibu saya yang tembusin," kata Meldi.

 

Pembuktian

Meldi (Keponakan Dewi Perssik) (Nurwahyunan/bintang.com)

Merasa diasingkan, Meldi akhirnya berusaha sendiri untuk mencapai apa yang ia inginkan. Ia ingin membuktikan kalau tanpa nama besar Dewi Perssik dirinya masih bisa berkarya.

Selain itu, ia akan membuktikan kalau suaranya tidak jelek lewat single perdananya berjudul "Gundulmu".

"Saya akan buktikan kalau saya bisa. Ada mama yang bantu saya. Ini akan memotivasi saya untuk bisa mencapai apa yang saya inginkan," kata Mel

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPK Periksa Zulkifli Hasan Terkait Kasus Suap Infrastruktur Lampung Selatan

Posted: 17 Sep 2018 09:19 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan memenuhi panggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus dugaan suap infrastruktur di Lampung Selatan. Pemeriksaan Zulkifli Hasan dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua Pembina Tarbiyah Perti.

"Iya nati saja yah," ujar Zulkifli saat tiba di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/9/2018).

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, Zulkifli Hasan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan. Selain Zulkifli Hasan, penyidik KPK juga menjadwalkan pemeriksaan pengacara Sopian Sitepu.

"Saksi Zulkifli Hasan dan Sopian Sitepu diperiksa untuk tersangka GR (Gilang Ramadhan)," kata Febri.

 

 

4 Tersangka

Sebelumnya, KPK menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan suap proyek infrastruktur. Mereka adalah Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan, Kadis PUPR Kabupaten Lampung Selatan Anjar Asmara, anggota DPRD Provinsi LampungAgus Bhakti Nugraha, dan pemilik CV 9 Naga Gilang Ramadhan.

Zainudin diduga menerima fee proyek sebesar 10 hingga 17 persen di Pemkab Lampung. Zainudin juga diduga mengarahkan agar semua pelaksana proyek di Dinas PUPR ditentukan melalui Agus Bhakti.

Zainudin meminta agar Agus berkoordinasi dengan Anjar Asmara mengenai permintaan fee dari kontraktor.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

5 Bintang Tampil dengan Riasan Terbaik di Ajang Emmy Awards

Posted: 17 Sep 2018 09:15 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Selang kurun waktu satu minggu setelah Anda dipuaskan dengan tren terkini dari industri fashion dan beauty yang dihadirkan dalam New York Fashion Week, namun kini terdapat inspirasi segar lainnya yang akan menjadikan tampilan kian up-to-date yang ditampilkan oleh deretan selebritas dalam ajang Emmy Awards.

Pada kesempatan ini, para selebritas berlomba-lomba untuk memberikan tampilan terbaik mereka lewat pulasan riasan serta balutan busana menawan yang tentunya menjadi magnet tersendiri dari ajang Emmy Awards. Dari sederet penampil yang hadir, beberapa diantaranya sukses menuai pesona lewat gaya riasan dan busana mereka. Penasaran siapa saja selebritas dengan riasan terbaik dari ajang Emmy Awards? simak rangkumannya yang dilansir dari teenvogue.com berikut ini.

1. Madeline Brewer

Deretan Makeup Terbaik di Ajang Emmy Awards (Foto: Teenvogue.com)

Membintangi serial The Handmaid's Tale Madeline Brewer tampil memukau dengan gaya anggun saat menghadiri Emmy Awards. Dengan riasan sederhana yang mengoptimalkan kompleksi wajah sempurna, Madeline Brewer memberi pernyataan lewat sentuhan hairpiece floral yang disematkan pada rambutnya.

2. Dakota Fanning

Deretan Makeup Terbaik di Ajang Emmy Awards (Foto: Teenvogue.com)

Bingkai mata bergaya cat eye pada makeup Dakota Fanning sukses memberikan kesan glamor pada tampilannya. Gaya riasan mata klasik sukses diimbangi dengan anting bernuansa hijau yang sukses mengoptimalkan gaya Dakota.

3. Yvone Orji

Deretan Makeup Terbaik di Ajang Emmy Awards (Foto: Teenvogue.com)

Membawa kembali tren eyeshadow biru pada ajang Emmy Awards membuat Yvone Orji memberikan variasi menarik lewat aplikasi makeup yang dikenakannya. Nuansa biru memberikan kesan mata yang lebih ekspresif dan menciptakan kesan drama tanpa effort berlebih pada tampilannya.

4. Alexis Bledel

Deretan Makeup Terbaik di Ajang Emmy Awards (Foto: Teenvogue.com)

Mengusung gaya rambut sleek, Alexis Bledel sukses terlihat lebih modern. Bermain dengan nuansa rose pada gaun dan makeup serta sentuhan mewah pada anting yang dikenakannya sukses menjadikan Alexis Bledel ke dalam jajaran selebritas dengan penampilan makeup terbaik dari ajang Emmy Awards.

5. Letitia Wright

Deretan Makeup Terbaik di Ajang Emmy Awards (Foto: Teenvogue.com)

Gaya rambut kepang yang ditata sedemikian rupa semakin unik dengan sentuhan akseosori rambut yang memikat. Tampil glamor lewat gaya rambut dan busananya, Letitia Wright mengimbangi tampilannya dengan riasan yang sederhana namun tetap memesona.

 

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

FOTO: Siap Jamu PSG, Begini Persiapan Skuat Liverpool

Posted: 17 Sep 2018 09:12 PM PDT

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan) bersama rekan setimnya berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan) bersama rekan setimnya berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Striker Liverpool, Daniel Sturridge (kiri) dan penjaga gawang Alisson Becker saat berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Striker Liverpool, Daniel Sturridge (kiri) dan penjaga gawang Alisson Becker saat berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan) bersama rekan setimnya berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan) bersama rekan setimnya berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Suasana saat pemain Liverpool berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Suasana saat pemain Liverpool berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan) dan bek Virgil van Dijk (kiri) saat berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kanan) dan bek Virgil van Dijk (kiri) saat berlatih di kompleks pelatihan Melwood, Liverpool, Inggris, Senin (17/9). Liverpool akan menjamu Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions 19 September 2018. (Paul ELLIS/AFP)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

KPU Targetkan 77,5 Persen Pemilih Ikut Pemilu 2019

Posted: 17 Sep 2018 09:11 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Arief Budiman menargetkan partisipasi masyarakat mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sebanyak 77,5%. Pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2019 akan dilaksakan pada 17 April 2019.

"Target kita partisipasi mencapai 77,5%, insyaallah," kata Arief di lapangan silang Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2018).

Menurutnya, sebagai negara yang demokratis, Indonesia berada di posisi paling atas dibandingkan dengan negara demokratis lainnya. Hal itu karena sudah semakin banyak orang yang sadar untuk menggunakan hak pilihnya.

"Enggak mungkin, bahkan di negara yang demokratis sekalipun yang disebut paling demokratis sekalipun angka partisipasinya itu malah lebih rendah daripada kita. Karena apa, karena orang makin banyak yang sadar dia tahu, oh ini memang saya harus memilih, oh ini saya enggak bisa memilih," ujar Arief.

"Jadi dia menggunakan hak memilih dan tidak memilih itu dengan paling sadar dengan kesadaran penuh itu, bukan karena intimidasi, bukan karena dilarang, bukan karena uang itu," imbuhnya.

 

Sudah Paling Bagus

Arief menyatakan, jika ada satu negara yang menargetkan 100 persen orang berpartisipasi dalam Pemilu, maka negara itu menganut sistem otoriterian.

"Nah biasanya kalau partisipasi 100 persen itu dua kemungkinannya yaitu negaranya itu mewajibkan pemilu, kalau di tempat kita pemilu itu hak untuk memilih bukan wajib untuk memilih, kalau di negara-negara yang wajib itu angka partisipasi bisa di atas 90 persen," sebutnya.

Ia pun memastikan, dengan total 77,5 persen jumlah pemilih pada pemilu mendatang sudah paling bagus. "Iya, 77,5 persen itu sebetulnya dalam pengalaman negara-negara demokratis itu sangat bagus sebetulnya," Arief memungkasi.

 

Reporter: Nur Habibie 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Soal Hasil Seleksi IPDN, Mendagri Tugaskan Tim Khusus Temui Gubernur Papua

Posted: 17 Sep 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menanggapi santai terkait penolakan yang dilakukan oleh Gubernur Papua Lucas Enembe dan Majelis Rakyat Papua (MRP) terkait dengan hasil seleksi penerimaan Praja IPDN Tahun 2018.

"Kemendagri menyambut baik masukan yang diberikan oleh Gubernur Papua dan Majelis Rakyat Papua terkait hasil seleksi calon praja IPDN Tahun 2018. Dalam Waktu dekat Tim Khusus akan berangkat bertemu dengan Gubernur Papua dan Majelis Rakyat Papua untuk membahas hal tersebut," jelas Tjahjo di Jakarta, Senin (17/9)

Tjahjo menambahkan bahwa dari hasil seleksi yang dilakukan memang hanya 2 -3 orang yang merupakan Orang Asli Papua (OAP). Berdasarkan masukan dari Gubernur dan MRP, Kemendagri berharap Pemerintah dapat merumuskan ulang seleksi khusus formasi Papua.

"Kemendagri berharap Pemerintah bersedia untuk merumuskan ulang seleksi khusus terhadap 91 formasi yang diperuntukan untuk Papua. Dari total 161 yang mendaftar, Kemendagri berharap semua yang mendaftar dapat diseleksi ulang," tambah Tjahjo.

Sebelumnya berdasarkan hasil seleksi penerimaan Praja IPDN Tahun 2018 diketahui hanya ada 2 -3 OAP yang lolos seleksi dan dinyatakan menjadi Praja IPDN Tahun 2018.

Dari total 91 Formasi yang diberikan oleh Pemerintah kepada Provinsi Papua, Tercatat 161 OAP mendaftar melalui online untuk mengikuti seleksi masuk menjadi Praja IPDN Tahun 2018. Setelah pengumuman tersebut dikeluarkan oleh Pemerintah, Gubernur Papua dan MRP merasa keberatan dan menolak hasil tersebut.

Lebih lanjut Tjahjo menjelaskan, bahwa proses seleksi penerimaan Praja IPDN dilakukan dengan transparan dan tanpa nepotisme.

"Proses penerimaan Praja IPDN dilakukan dengan transparan, tanpa nepotisme dan melibatkan berbagai pihak. Masyarakat yang sudah mencoba ikut seleksi, tidak boleh berkecil hati jika tidak diterima dan yang paling penting jangan pernah percaya kepada siapapun yang meminta uang serta menjanjikan bisa diterima menjadi Praja IPDN," tutup Tjahjo.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Buntu, Negosiasi Kontrak Manchester City dengan Sterling

Posted: 17 Sep 2018 09:10 PM PDT

Liputan6.com, Manchester - Proses negosiasi kontrak baru antara Manchester City dan Raheem Sterling dikabarkan menemui jalan buntu. Kontrak Sterling bersama City akan berakhir pada 2020.

Manchester City ingin memperpanjang kontrak Sterling. Sebab, penampilan pemain 23 tahun itu dalam dua musim belakangan sangat mengesankan.

Manajer Pep Guardiola pun sudah mengungkapkan harapannya agar Sterling bersedia memperpanjang kontraknya bersama The Citizens. Namun, ia menyerahkan hal tersebut kepada pihak yang berkepentingan.

Dilansir The Guardian, negosiasi Manchester City dengan Sterling berakhir buntu setelah kedua belah pihak tak menemui kata sepakat soal besaran gaji.

Besaran Gaji

Pemain Manchester City, Raheem Sterling. (AFP/Oli Scarff)

Sterling kabarnya ingin menjadi pemain bergaji termahal di City. Mantan pemain Liverpool itu ingin gajinya naik dari 175 ribu pound per pekan menjadi minimal 220 ribu pound per pekan.

Hal inilah yang tak disetujui oleh pihak manajemen City. Meski kedua belah pihak disebut mau bersabar, hal ini bisa jadi alarm bahaya bagi City.

Diincar Real Madrid

Beberapa waktu lalu, sempat muncul kabar yang menyebut bahwa raksasa La Liga, Real Madrid serius ingin memboyong Sterling ke Santiago Bernabeu.

Madrid sebelumya pernah disebut mengincar Sterling. Mereka pernah mengincarnya saat ia masih di Liverpool, sebelum gabung dengan City pada 2015 silam.

Setelah sempat timbul tenggelam, akhirnya gosip ketertarikan Madrid terhadap Sterling kembali mengemuka. Namun Los Blancos disebut masih akan mengamati permainannya lebih dahulu di musim ini.

Sumber: Bola.net

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Serunya Berkunjung ke Pulau Moyo, Great Escape Para Pesohor Dunia

Posted: 17 Sep 2018 09:06 PM PDT

Liputan6.com, Sumbawa Jika ada destinasi di Indonesia yang kerap dikunjungi pesohor dunia, Pulau Moyo adalah salah satunya. Pulau di Nusa Tenggara Barat ini sangat indah. Juga, nyaman untuk melakukan aktivitas secara privasi.

Pulau Moyo ibarat surga tropis yang sangat indah. Karena keindahannya, pesohor dunia ikut memburu pulau ini. Mendiang Putri Diana, David Becham, Maria Sharapova, Mick Jagger, Edwin van der Sar. Mereka pernah berunjung ke sini. Termasuk artis kekinian seperti bintang Korea, Rain dan Kim Tae Hee. Pulau Moyo dikenal sebagai "Great Escape" para bintang dan selebritis dunia.

Pulau Moyo berada di sebelah utara dari Pulau Sumbawa. Di dalamnya, banyak sekali destinasi yang sangat indah. Namun, belum banyak pengunjung atau wisatawan yang datang ke pulau ini.

"Soal destinasi Sumbawa memang jagonya. Alamnya tak perlu diragukan, selalu menjadi incaran wisatawan dunia. Makanya ada Festival Pesona Moyo yang saat ini sedang digelar untuk mempromosikan Pulau Moyo," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Minggu (16/9).

Pulau Moyo menawarkan destinasi wisata lengkap. Mulai dari hutan tropis, lautan yang indah, air terjun yang memukau, serta pemandangan bawah laut yang mempesona.

Namun, salah satu yang paling diburu di Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Kelebihan Mata Jitu adalah air terjunnya bertingkat. Selain itu, terdapat kolam-kolam indah yang tercipta secara alamiah.

Air Terjun Mata Jitu dapat dicapai dengan menggunakan ojek dari Desa Labuan Aji. Tarifnya Rp 100.000, dengan lama perjalanan kurang lebih 30 menit. Dan itu termasuk biaya retribusi kas desa loh.

Mau jalan kaki biar lebih sehat juga oke. Paling sekitar 1 jam. Tentu ini tidak akan terasa karena kamu akan disuguhi pemandangan keren serta rindangnya hutan selama perjalanan.

"Jangan lupa juga menuju Queen Waterfall yang berjarak 10 menit dari air terjun Mata Jitu. Disinilah Lady Diana pernah menghabiskan waktunya ketika berlibur ke Pulau Moyo," ungkap Menpar.

Di Pulau Moyo juga ada Air Terjun Diwu Mbai yang tak kalah serunya. Di sini, Anda bisa mandi sepuasnya di air yang sangat jernih dan segar. Ada tali yang bisa anda gunakan untuk lompat dari ketingggian. Ala-ala tarzan gitu deh. Seru banget pokoknya.

Yang hobi pantai, sudah pasti akan terpuaskan. Segudang pantai kece dan alami dipastikan akan membuat mu makin betah. Selain itu pantainya pun tergolong sepi. Pokoknya terasa seperti pantai pribadi.

Begitu juga dengan pemandangan alam bawah lautnya. Yang hanya dengan snorkeling saja, kamu sudah bisa melihat terumbu karang yang indah dengan ikan-ikannya berbagai jenis. Beberapa pantai yang bisa anda kunjungi antara lain Pantai Satu, Pantai Ai Manis, Tanjung Pasir, Brang Sedo, dan masih banyak lainnya.

Untuk aksesibilitas, kita bisa menyewa boat dari Pulau Sumbawa. Tarifnya sekitar Rp 1,5 hingga Rp 2 juta. Boat ini dapat menampung 8-10 penumpang. Pas kalau travelingnya rame-rame.

Yang mau backpacker-an juga bisa. Alternatifnya adalah dengan mengikuti perahu warga yang rutin mengantar warga dari Pulau Moyo berbelanja atau berjualan ke Pasar di Sumbawa. Untuk yang satu ini, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar 50 ribu.

Perahu ini berangkat dari Dermaga Muara Kali yang terletak di Labuhan Sumbawa. Tetapi perahu ini hanya melakukan perjalanan satu kali dalam satu hari. Yakni pkul 11.00 WITA dari Pulau Sumbawa, serta pukul 06.00 pagi dari Pulau Moyo.

"Selain itu, Sumbawa juga sudah memiliki Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Jadi sangat mudah untuk bisa menjangkau Pulau Moyo," kata Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar, Ricky Fauzi.

Amenitasnya juga oke. Ada banyak home stay dan cottage di Pulau Moyo. Harganya pun murah, antara Rp. 300 ribu hingga Rp. 500 ribu. Bahkan jika kamu mau kamping juga bisa.

"Pokoknya jangan mengaku traveler kalau belum pernah ke Pulau Moyo. Makanya segera agendakan. Dijamin bakal seru," pungkas Ricky.

 

(*)

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Ini Tiga Isu Penting dalam Pertemuan Terbaru Kim Jong-un dan Moon Jae-in?

Posted: 17 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Pyongyang - Presiden Korea Selatan Moon Jae In tiba di Pyongyang pada Selasa pagi untuk bertemu dengan mitranya, pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dengan harapan menciptakan perjanjian lebih lanjut tentang perdamaian di Semenanjung Korea.

Beberapa pengamat menduga bahwa pertemua ketiga kalinya antar kedua pemimpin negara, adalah upaya menghidupkan kembali perundingan denuklirisasi yang goyah antara Pyongyang dan Washington.

KTT yang digelar selama tiga hari ke depan itu muncul ketika perundingan AS-Korea Utara mencapai kebuntuan, sejak pertemuan penting antara Presiden Donald Trump dan Kim Jong-un pada bulan Juni lalu di Singapura, demikian sebagaimana dikutip dari Time.com pada Selasa (18/9/2018).

Presiden Moon dan Pemimpin Kim memuji "era baru perdamaian" ketika mereka pertama kali bertemu di "desa gencatan senjata" Panmunjom pertengahan April.

Selain itu, pertemuan terkait menjadikan Kim Jong-un sebagai pemimpin Korea Utara pertama yang memasuki wilayah Selatan sejak gencata senjata Perang Korea pada 1953 silam.

Adapun pertemuan antar-Korea kedua digelar pada bulan Mei, beberapa waktu menjelang pertemuan bersejarah antara Kim Jong-un dan Donald Trump.

Pembicaraan pekan ini digelar tidak lama setelah perayaan HUT Korea Utara ke-70, di mana parada militer tahunannya dipuji oleh Presiden Trump karena tidak menampikan rudal balistik antarbenua.

Lantas, apa saja yang kemungkinan akan dibahas dalam pertemua ketiga antara Kim Jong-un dan Moon Jae-in di Pyongyang? Berikut adalah rangkuman dari prediksi beberapa pengamat.

 

Simak video pilihan berikut:

Kemungkinan Perjanjian Damai yang Mengikat

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in (kiri) memeluk pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un setibanya di Pyongyang, Selasa (18/8). Kedatangan Moon Jae-in ke negara tersebut adalah untuk pertemuan ketiga dengan Kim Jong-un. (Korea Broadcasting System via AP)

Presiden Korsel Moon Jae-in mengatakan pada Senin 17 September bahwa ia bermaksud mendorong "perdamaian permanen yang tak dapat diubah" dengan Korea Utara, selama "pembicaraan dari hati ke hati" dengan Kim Jong-un di KTT kali ini, tulis laporan kantor berita Associated Press.

"Apa yang ingin saya capai adalah perdamaian," kata Presiden Moon.

Kedua negara telah mengisyaratkan dukungan terhadap penandatanganan perjanjian damai secara permanen, untuk mengakhiri Perang Korea segera. Namun hal itu terhalang oleh sikap AS yang menuding adanya indikasi perlucutan senjata nuklir Pyongyang belum dijalankan sepenuhnya.

Meski begitu, ada harapan bahwa pembicaraan antara Korea Utara dan AS akan kembali berlanjut dalam pertemuan kedua antara Donald Trump dan Kim Jong-un, yang kemungkinan besar akan digelar di Gedung Putih.

Washington menegaskan bahwa kedua negara sedang bekerja menuju pertemuan lanjutan setelah menerima surat dari Kim Jong-un pada awal bulan ini, meskipun tidak ada rincian yang telah diselesaikan.

Denuklirisasi ditangguhkan

Kepulan asap saat ledakan pintu masuk terowongan situs uji nuklir Korea Utara di Punggye-ri, Kamis (24/5). Penutupan Punggye-ri merupakan komitmen yang dilakukan Korut untuk melakukan denuklirisasi di kawasan Semenanjung Korea. (Korea Pool/Yonhap via AP)

Kemajuan pada kesepakatan perdamaian Korea kemungkinan bisa mendorong kembali perundingan denuklirisasi yang goyah antara Washington dan Pyongyang.

Presiden Moon menambahkan bahwa ia berharap "menemukan jalan tengah" antara tuntutan denuklirisasi oleh AS, dan permintaan Korea Utara tentang "jaminan keamanan" yang telah dijanjikan Washington sebagai imbalannya.

Kim Jong-un menegaskan kembali komitmennya untuk mengurangi persediaan nuklir pada awal bulan ini, tetapi Washington telah mengeluh bahwa Korea Utara masih memproduksi bahan fisil nuklir, dan belum sepenuhnya membongkar fasilitas pengujian senjata terkait.

Pyongyang membalas dengan menuduh AS "membesar-besarkan masalah" dan "memaksa seperti gangster" dalam membahas perlucutan senjata.

 

Insentif ekonomi

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in disambut oleh pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un dan sang adik, Kim Yo Jong setibanya di Pyongyang, Selasa (18/8). Kedatangan Moon Jae-in untuk pertemuan ketiga dengan Kim Jong-un. (Korea Broadcasting System via AP)

KTT ini juga disebut membuka jalan bagi hubungan antar-Korea yang lebih erat melalui berbagai kerjasama.

Pekan lalu, kedua pemimpin Korea membuka kantor hubungan langsung pertama mereka, yang terletak di kota perbatasan Kaesong di wilayah utara, setelah sebelumnya mereka hanya melakukan kontak via saluran telepon dan faks.

Kantor tersebut merupakan simbol rekonsiliasi terbaru antara musuh-musuh bersejarah, dan terletak di sebuah taman industri yang dioperasikan bersama sebelum ditutup pada tahun 2016.

Kebijakan Presiden Moon tentang pemulihan hubungan dengan Korea Utara juga mencakup proyek-proyek ekonomi bersama untuk meningkatkan infrastruktur negara pariah yang miskin, seperti jalan, kereta api, dan pasokan listrik, menurut laporan kantor Associated Press.

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Elon Musk Kirim Miliarder Jepang Yusaku Maezawa ke Bulan

Posted: 17 Sep 2018 09:04 PM PDT

Liputan6.com, Jakarta - CEO SpaceX Elon Musk akhirnya mengungkap siapa manusia pertama yang akan dikirimnya ke bulan menggunakan Big Falcon Rocket (BFR). Tak main-main, Musk memilih miliarder Jepang Yusaku Maezawa untuk terbang menjadi penumpang pertama SpaceX.

Sebagaimana dikutip The Verge, Selasa (18/9/2018), Maezawa merupakan miliarder pendiri Zozotown, retailer online pakaian terkemuka di Jepang.

Maezawa akan terbang mengelilingi bulan setidaknya pada 2023. Uniknya dia ingin membawa serta sejumlah seniman untuk mengubah seluruh perjalanan menjadi proyek seni bernama #dearmoon.

"Akhirnya, aku bisa mengumumkan kepada kalian bahwa aku terpilih untuk terbang ke bulan! Aku pergi ke bulan bersama seniman!" kata Maezawa memberikan pengumuman.

Maezawa yang berusia 42 tahun itu memiliki angka kekayaan berjumlah USD 2,9 juta atau setara Rp 43,2 triliun. Selain pebisnis, Maezawa juga seorang kolektor seni dan dia menghabiskan USD 110,5 juta untuk sebuah lukisan tahun 1982 karya Jean-Michel Basquiat.

Karena kegemarannya pada seni, Maezawa juga mengundang delapan seniman untuk ikut dalam perjalanan ke Bulan. Dia menyebut, telah mem-booking semua kursi di roket BFR dan akan mencari orang lain untuk bergabung dengannya dalam misi satu minggu keliling bulan bersama SpaceX.

"Saya ingin mengundang 6 hingga 8 seniman dari seluruh dunia untuk bergabung dalam perjalanan ke bulan. Para seniman akan diminta untuk membuat sebuah karya seni sekembalinya mereka ke Bumi," tuturnya.

Maezawa sendiri belum menentukan siapa saja seniman yang akan diajaknya berwisata luar angkasa. Namun dia menyebut, para seniman ini bisa mewakili berbagai bidang seni seperti pelukis, musisi, sutradara, dan lainnya.

Berapa Ongkos yang Dibayar Yusaku Maezawa?

Elon Musk. (AFP)

Musk mengatakan, Maezawa mulanya datang ke SpaceX dengan ide untuk melakukan penerbangan ke bulan.

Maezawa tidak menyebutkan berapa uang yang dia bayar untuk bisa mengikuti perjalanan fantastis ini. Namun, semua seniman akan terbang secara gratis, ditraktir oleh Maezawa.

Musk menyebut, jumlah pembayaran uang muka yang dilakukan Maezawa cukup besar sehingga "akan memiliki efek material pada seluruh biaya dan pengembangan BFR."

"Ini akan membuat perbedaan. Seperti yang disebutkan, dia rela merogoh kantongnya, dia sangat legit," tutur Musk.

Menurut Musk, pengembangan BFR sendiri memakan biaya setidaknya USD 5 miliar atau setara Rp 74,5 triliun.

SpaceX, kata Elon Musk, belum memutuskan training semacam apa yang harus dijalani oleh Maezawa sebelum terbang ke bulan.

"Kami akan mulai berdiskusi dan memutuskan bagaimana ke depannya," kata Musk.

Wisata ke Bulan

Elon Musk mengirim Tesla Roadster miliknya ke luar angkasa(screenshot Youtube)

Beberapa hari lalu, perusahaan antariksa milik Elon Musk, SpaceX, mengumumkan rencananya mengirim penumpang pertama untuk perjalanan ke bulan.

Dalam keterangan lewat Twitter, disebutkan pesawat yang akan digunakan membawa penumpang pertama SpaceX adalah Big Falcon Rocket.

"SpaceX telah menandatangani kesepakatan tentang penumpang pribadi pertama di dunia yang akan terbang mengelilingi bulan di atas kendaraan kami, Big Falcon Rocket," kata SpaceX, sebagaimana dikutip Tekno Liputan6.com dari Business Insider, Sabtu (15/9/2018).

SpaceX menyebut, hal ini menjadi langkah penting untuk menuju akses bagi mereka yang bermimpi untuk wisata ke luar angkasa.

SpaceX juga mengatakan, pihaknya akan mengumumkan siapa nama penumpang yang terbang pertama kali ke bulan, serta menjelaskan mengapa orang itu dipilih untuk melakukan penerbangan pertama bersama SpaceX ke bulan.

Sebenarnya, ini bukan pertama kalinya perusahaan mengumumkan pihaknya akan meluncurkan misi terbang mengelilingi bulan, tetapi tidak mendarat di sana.

Sebelumnya, SpaceX juga mengumumkan misi penerbangan mengelilingi bulan pada Februari 2017 dengan dua awak.

Awalnya, rencana ini bertujuan untuk meluncurkan dua warga sipil di jalur yang sama dengan astronot Apollo 13 NASA.

Disebutkan pula, mulanya penerbangan dilakukan dengan roket Falcon Heavy, perusahaan bersiap untuk terbang pertama kali di awal 2019. Namun, SpaceX ke luar dari rencana awalnya dan hanya mengangkut satu penumpang.

Menurut petunjuk Elon Musk waktu itu, kemungkinan penumpang pertama yang terbang ke bulan dengan BFR adalah orang Jepang.

(Tin/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar: